Selasa, 18 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kementerian ESDM Buka Lowongan CPNS 2018, Simak Cara Pendaftarannya

Posted: 18 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) membuka seleksi pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 atau CPNS 2018.

Hal itu tertuang dalam pengumuman Nomor:0034 Pm/72/SJN.P/2018. Kementerian ESDM memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk bergabung sebagai CPNS yang akan ditugaskan di unit kerja Kementerian ESDM.

Unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi (alokasi penempatan) antara lain secretariat jenderal, direktorat jenderal minyak dan gas bumi, direktorat jenderal ketenagalistrikan, direktorat jenderal mineral dan batubara, direktorat jenderal energi baru terbarukan dan konservasi energi.

Selain itu, inspektorat jenderal, badan geologi, badan penelitian dan pengembangan energi dan sumber daya mineral, badan pengembangan sumber daya manusia energi dan sumber daya mineral, serta secretariat jenderal dewan energi nasional.

Kementerian ESDM membuka lowongan dengan alokasi formasi untuk CPNS 2018 sebanyak 65 orang. Dari alokasi tersebut , sebanyak 56 orang untuk kategori umum, sebanyak tujuh orang untuk kategori cum laude, satu orang untuk kategori diaspora dan satu orang untuk putra/putri Papua sebanyak satu orang.

Persyaratan Pelamaran:

1.Warga Negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena

3.Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS. Prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas pemerintah.

5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan

6.Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar

7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

8. Tidak menjadi pengurus dan atau anggota partai politik atau terlibat politik praktis.

9. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari rumah sakit pemerintah/daerah setempat yang masih berlaku, wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.

 

Persyaratan Pelamaran Selanjutnya

Buat kamu yang masih berharap bisa masuk CPNS, pemerintah akan buka pendaftaran CPNS 2018 lho. (Foto: Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

10.Bagi wanita dan pria diutamakan tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

11.Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 19 September 2018:

a.Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun 0 bulan 0 hari untuk formasi kategori umum, cum laude dan putra/putri Papua atau Papua Barat (Diploma IV/DIV dan sarjana/SI).

b. Minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari untuk formasi dengan kategori disabilitas (sarjana/SI), jabatan dosen dan pranata komputer ahli pertama (Magister/S-2).

12. Pelamar merupakan lulusan:

a. Diploma IV (D-IV) dengan sekolah tinggi/politeknik dan program studi yang terakreditas dalam BAN-PT pada saat lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75.

b.Sarjana (S-1) dengan perguruan tinggi dan atau program studi yang terakreditasi dalam BAN-PT pada saat lulus dengan IPK minimal 2,75. Khusus untuk pelamar dengan kategori putra/putrid Papua atau Papua Barat dengan perguruan tinggi dan atau program studi yang terakreditas dalam BAN-PT pada saat lulus dengan IPK minimal 2,50.

c.Magister (S2) dengan perguruan tinggi dan atau program studi yang terakreditasi dalam BAN-PT pada saat lulus dengan IPK minimal 3.00

d. Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib menyampaikan penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Kemenristek DIKTI, bagi pelamar yang tidak memiliki IPK diwajibkan menyertakan copy transkrip nilai dalam bahasa inggris.

Khusus pelamar cumlaude dari lulusan perguruan tinggi luar negeri, juga wajib menyampaikan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kemenristek DIKTI,

e.Surat Keterangan Lulus sebagai pengganti ijazah tidak berlaku

13.Khusus untuk pelamar dengan criteria cumlaude merupakan lulusan terbaik dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude/pujian pada ijazah atau transkrip nilai.

14.Untuk semua jabatan dipersyaratkan melampirkan surat keterangan bebas buta warna dari rumah sakit umum pemerintah/daerah setempat.

15.Untuk semua jabatan dipersyaratkan melampirkan TOEFL ITP/paper based TOEFL/TOEFL prediction yang masih berlaku (periode penerbitan TOEFL) dikeluarkan pada 19 September 2016-10 Oktober 2018, dengan skor TOEFL minimal 450 (setara dengan computer based TOEFL minimal 133/internet based TOEFL minimal 45/TOEIC 405/IELTS 5.5).

Untuk putra/putrid Papua atau Papua Barat dan penyandang disabilitas tidak perlu melampirkan TOEFL ITP/paper based TOEFL/TOEFL prediction.

16. Khusus untuk pelamar dengan jabatan pranata komputer pertama diutamakan memiliki keahliaan:

a.programmer

menguasai salah satu framework PHP dan database (MariaDB, postgre SQL)

b.administrator jaringan

konfigurasi router dan konfigurasi basic command line Linux

c.Sistem analis

menguasai salah satu bahasa pemrograman dan unified modeling language.

17.Khusus untuk pelamar dengan criteria penyandang disabilitas wajib melampirkan surat keterangan disabilitas dari dokter

 

Tata Cara Pendaftaran

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham mengecek no pendaftaran di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tata Cara Pendaftaran

1.Pelamar mengakses laman https://sscn.bkn.go.id untuk melakukan pendaftaran sampai mendapatkan kartu informasi akun SCCN 2018

2.Pelamar login ke portal SSCN menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP/NIK pada kartu keluarga (KK) dan nomor kartu keluarga yang telah didaftarkan.

3.Pelamar melengkapi biodata, memilih instansi Kementerian ESDM, jabatan dan kualifikasi pendidikan yang tersedia.

4.Pelamar mengunggah secara online dokumen persyaratan yang terdiri dari:

a.Hasil scan (pindai) KTP asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

b. Hasil scan (pindai) ijazah dan transkrip nilai asli.

c. swafoto (selfie) pelamar dengan memegang kartu informasi akun SSCN 2018 asli dan KTP asli terlihat dengan jelas/tidak buram.

d.Hasil scan asli akta kelahiran dan atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari kepala desa/suku yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua atau Papua Barat berdasarkan garis keturuan orangtua (bapak atau ibu) asli dari Papua atau Papua Barat, khusus untuk pelamar jabatan pranata komputer ahli pertama dari kriteria pelamar putra/putrid Papua atau Papua Barat.

e. Hasil scan asli surat lamaran ditujukan kepada Menteri ESDM di Jakarta diketik menggunakan komputer, bermeterai Rp 6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinda hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id dan cpns.esdm.go.id)

f. Hasil scan asli surat pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermeterai Rp 6.000 dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena bertinta hitam (format surat pernyatan dapat diunduh di laman: https//sscn.bkn.go.id dan cpns.esdm.go.id

g. pas foto berlatar belakang warna merah berukuran 3x4.

h. Hasil scan asli surat keterangan bebas buta warna dari rumah umum pemerintah/daerah setempat.

i. Hasil scan asli sertifikat TOEFL ITP/paper based TOEFL/TOEFL prediction/computer based TOEFL/internet based TOEFL/TOEIC/IELTS yang masih berlaku.

j. Pelamar mencetak kartu pendaftaran SSCN Tahun 2018

k. Waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada 26 September 2018 hingga 10 Oktober 2018 (ditutup pukul 23.59 WIB).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Asal Cuci Mesin, Risikonya Tinggi

Posted: 18 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai jantung mekanis, mesin memiliki peran vital pada kendaraan. Oleh karenanya mesin harus selalu dirawat agar performanya terjaga.

Perawatan mesin tidak hanya dilakukan saat servis berkala, bagian luar mesin juga mesti dirawat agar terlihat bersih dan jika terjadi kebocoran bisa dapat dengan mudah diketahui.

Namun, dalam melakukan perawatan bagian mesin Anda tidak bisa sembarang. Apalagi mencucinya dengan air bertekanan. Pasalnya di sekitar mesin terdapat kabel-kabel serta sistem kelistrikan.

"Mesin ini dekat dengan ECU, ini yang kita hindari kalau sampai terkena air dia akan eror. Kalau yang lain ada kesalahan (kerusakan teknis) masih bisa dibenerin, tapi kalau mesin ada kesalahan komputerisasinya rusak (gara-gara air), ECU yang kena," jelas CEO & Founder XTO Indonesia Christopher Sebastian di bilangan Melawai, Jakarta Selatan, Selasa (18/9).

Menurut dia, bagian mesin tidak boleh disemprot atau disiram dengan air. "Itu sangat tidak dianjurkan apalagi dengan tekanan tinggi. Jadi cukup disikat atau dilap pakai lap micro fiber," Christopher memaparkan.

Selanjutnya

Lebih lanjut ia menyampaikan, bagian mesin boleh saja dibasuh pakai air asal dicampur obat pengusir noda dan dilakukan sedikit demi sedikit menggunakan kuas atau lap micro fiber.

"Karena penggosokannya tipis-tipis dengan air, maka harus dicampurkan cairan khusus penghilang noda yang kandungan kimianya kuat. Jadi tanpa gosokan yang tekanannya tinggi, kotoran itu sudah hilang kalau cairannya bagus," tutup Christopher.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berani Coba? Minuman Beralkohol Pertama di Dunia Rasa Durian

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Durian menjadi buah yang disukai banyak orang khususnya di Negeri Jiran, Malaysia. Ya, meski memiliki aroma menyengat nyatanya durian menjadi buah yang sangat popular dan digemari di sana. Tak hanya es krim dan kue, kini ada alkohol dengan cita rasa durian loh.

Sebuah perusahaan minuman beralkohol di Malaysia bernama Tropical Wine Sdn Bhd menarik perhatian pecinta durian dengan membuat liqueur (jenis minuman beralkohol) rasa Musang King. Tentu saja ini pertama kalinya minuman beralkohol diproduksi dengan cita rasa durian.

Tapi nampaknya warga Malaysia sendiri belum bisa mencicip seperti apa liqueur Musang King berlabel Dorian-Inside itu karena minuman tersebut dipasarkan di China. Hal ini lantaran liqueur diterima dengan baik di China. Sebelumnya Dorian-Inside diperkenalkan di Taiping, Perak pada 10 September lalu dan mendapat rekor sebagai Liqueur durian pertama di dunia.

Alkohol rasa durian (foto: world of Buzz)

Berdasarkan keterangan dari laman resminya, Dorian-Inside dijamin menyajikan liqueur durian yang segar lantaran dibuat dari formulasi alkohol yang spesial. Liqueur ini juga disajikan 100% dari daging durian asli yang segar.

"Dengan 18% alkohol murni, kami menyediakan kualitas rasa liqueur yang belum pernah dirasakan sebelumnya" tulis keterangan produk tersebut.

Tak hanya nikmat, nyatanya minuman ini juga bermanfaat bagi tubuh loh. Seperti yang kita ketahui durian merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Durian dapat membantu meningkatkan imun, mencegah anemia, insomnia dan depresi.

Kosmetik Beraroma Durian

makeup beraroma durian (Foto: Shutterstock / Worldofbuzz.com)

Sebelumnya perusahaan kecantikan terkenal bernama Elianto Makeup, meluncurkan produk kosmetik bernama Musang King Collection. Berbagai item makeup berbahan durian yang ditawarkan adalah lipstik, parfum, eyeshadow, lip balm, dan highlighter. Jangan khawatir, semuanya memiliki aroma durian.

Kalian bahkan bisa menyebarkan kenikmatan aroma durian ke orang lain dengan menggunakan parfumnya. Selain itu, kalian bisa merasa seperti berjalan-jalan di kebun durian ketika menggunakan parfum tersebut. Peluncuran itu dikatakan sangat dinantikan setelah perusahaan itu mengunggah gambar seorang model yang mengenakan lipstik Musang King dalam warna kuning menyala pada November 2017.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akses Bakal Dibuka, Begini Cara Login Laman Sscn.bkn.go.id

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Rabu (19/9/2018) pukul 13.00, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bakal membuka akses portal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

Bagi calon CPNS yang ingin mendaftar, mereka dapat mengakses portal resmi BKN, yakni sscn.bkn.go.id.

Sampai berita ini diturunkan memang portal sscn.bkn.go.id belum bisa diakses. Dalam laman tersebut tertulis informasi sebagai berikut.

"Mohon Maaf, Portal SSCN Saat ini belum dapat diakses.Portal SSCN akan dibuka pada pukul 13.00 WIB."

"Info lebih lanjut dapat dilihat di Portal BKN yaitu www.bkn.go.id"

Nah, untuk pelamar baru berikut adalah sejumlah langkah untuk bisa mengikuti proses penerimaan CPNS 2018 yaitu:

1. Buat akun di portal http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga.

2. Login ke http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah ditentukan

3. Upload swafoto (selfie) dengan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Pelamar juga diharuskan mengisi biodata, memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan yang diminati; dan

5. Simpan data yang sudah dicek di Resume dan klik Kirim.

6. Sebelum di Kirim, pelamar dianjurkan untuk mengecek kembali data di Resume untuk memastikan data tersebut lengkap dan benar, karena setelah di Kirim data tidak bisa diubah lagi.

7. Pelamar bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

Jika ada masalah dalam pengisian di portal SSCN, maka bisa mengklik helpdesk yang ada di portal tersebut untuk bantuan dan pengaduan.

 

Situs BKN Tumbang Jelang Pendaftaran CPNS 2018

Kenapa harus daftar CPNS 2018? Ya, kenapa nggak? (Liputan6.com)

Calon pendaftar CPNS 2018 bisa langsung melihat berbagai formasi dan instansi yang membuka lowongan. Untuk mendaftar PNS, CPNS bisa login melalui portal SSCN pada pukul 13.00 WIB, hari ini, Rabu (19/9/2018).

Info lebih lanjut dapat dilihat di Portal BKN dengan alamat www.bkn.go.id. Namun sayangnya, situs web tersebut eror "502 Bad Gateway".

502 Bad Gateway adalah indikasi sebuah situs sedang mengalami sistem eror. Eror ini umumnya terjadi karena terlalu besarnya request yang masuk, sehingga server yang dimiliki oleh sebuah situs mengalami overload dan akhirnya tumbang karena tidak mampu menangani banyaknya request.

Mengutip laman PC Support, selain masalah ketidakmampuan server untuk menangani request, '502 Bad Gateway' juga dapat terjadi bila terdapat kesalahan pengaturan pada file konfigurasi .htaccess yang disediakan oleh web server Apache.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produksi Gas pada 2019 Bakal Naik, Berikut Daftar Kontraktor Penghasil Terbesar

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah yakin produksi siap jual (lifting) gas bumi akan meningkat pada 2019. Alasan keyakinan tersebut karena mulai berproduksinya lapangan penghasil gas baru pada tahun depan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, produksi gas pada 2019 diperkirakan mencapai 1,25 juta barel setara minyak per hari (Barel Oil Equivalent per Day/BOEPD).

Angka tersebut jauh lebih tinggi ketimbang pencapaian tahun ini sebesar 1,2 juta BOEPD.

"Kami optimistis lifting gas pada 2019 akan meningkat," kata Djoko, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Penambahan lifting gas ini, berasal dari lapangan yang dikelola BP Tangguh, Genting Oil serta ENI yang mengelola Lapangan Jangkrik dan Merakes serta lapangan-lapangan kecil lainnya.

Menurut Djoko, dari 10 penemuan cadangan, sembilan diantaranya adalah penemuan gas. "Memang dari 10 discovery yang kami temui akhir-akhir ini, sebanyak 9 diantaranya gas bumi. " tutur Djoko.

 

Proyeksi

Berdasarkan data Kementerian ESDM, proyeksi lifting gas bumi pada 2019 terutama berasal dari 12 Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS), yaitu

- BP Berau Ltd (Tangguh) sebesar 187.500 barel setara minyak per hari

- Pertamina Hulu Mahakam sebesar 196.429 barel setara minyak per hari

- ConocoPhillips (Grissik) Ltd sebesar 144.643 barel setara minyak per hari

- PT Pertamina EP sebesar 144.643 barel setara minyak per hari

- ENI Muara Bakau 115.179 barel setara minyak per hari

- JOB PN-Medco Tomori Sulawesi Ltd sebesar 53.571 barel setara minyak per hari

- Premier Oil Indonesia sebesar 39.286 barel setara minyak per hari

- Kangean Energi Indonesia sebesar 35.714 barel setara minyak per hari

Medco E&P Natuna 29.464 barel setara minyak per hari

- Petrochina Intl. Jabung Ltd 28.750 barel setara minyak per hari

- Pertamina Hulu Energi WMO sebesar 23.036 barel setara minyak per hari

- Vico Indonesia 10.883 barel setara minyak per hari

Ditambah produksi KKKS lainnya sebesar 240.893 barel setara minyak per hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batu Misterius Bertuliskan Lafaz Basmalah Muncul Usai Lahar Gunung Bromo

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Probolinggo - Sebuah batu berukuran satu meter persegi di Dusun Krajan, Desa Wringinanom, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menghebohkan warga sekitar dan warganet. Sebab, batu yang sekilas tampak biasa itu, ternyata bertuliskan kalimat basmalah 'Bismillahirrahmannirrahim'.

Berdasarkan penuturan warga setempat, penemuan batu dengan tulisan Arab itu tak disengaja. Saat itu, ada warga yang sedang mandi dan tidak sengaja melihat ada semacam goresan samar pada sebuah batu.

"Goresan di batu itu membentuk kalimat 'Bismillahirrahmannirrahim' sehingga warga memberi nama batu itu batu Allah," tutur penemu batu, Mustar, Selasa, 18 September 2018.

Ia mengatakan sebelumnya batu itu terkubur tanah.  Batu baru muncul ke permukaan setelah ada lahar dingin Gunung Bromo beberapa tahun lalu.

"Ketemunya, ketika masuk musim nemor (kemarau) seperti sekarang ini. Karena banyak warga yang mandi di sekitar batu itu," katanya.

Simak video pilihan berikut ini:

Bikin Penasaran Warga

Batu Allah di Probolinggo bikin heboh warga. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Penemuan ini kemudian menjadi buah bibir warga sekitar. Tak hanya itu, penemuan itu pun akhirnya diunggah di media sosial Facebook dan akhirnya viral.

Warga dari berbagai daerah yang penasaran, datang ke Wringinanom hanya untuk melihat batu tersebut. Salah satunya, Choirul Umam, warga Lamongan. Karena penasaran, ia pun datang ke Probolinggo.

"Penasaran saja sih. Karena di Facebook ramai dibicarakan. Awalnya saya sanksi, jangan-jangan ini goresan yang disengaja, tapi ternyata tidak. Mungkin ini semata-mata karena kebesaran Allah SWT yang patut disyukuri," ucap Choirul.

Warga masih terus berdatangan setiap harinya, untuk melihat dari dekat, batu besar bertuliskan basmalah ini. Belum diketahui apakah pahatan di batu itu asli atau bukan. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwenang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cakupan Imunisasi MR Fase II Rendah, Adakah Perpanjangan?

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa kampanye imunisasi Measless Rubella (MR) fase II di 28 provinsi di luar pulau Jawa tinggal 11 hari lagi berakhir (pada 30 September 2018). Sayangnya, cakupan imunisasi MR fase II berpotensi tidak mencapai target 95 persen untuk menciptakan kekebalan imunitas.

Data Kementerian Kesehatan RI hingga per 17 September 2018, rata-rata cakupan imunisasi MR secara keseluruhan mencapai 49,07 persen. Angka tersebut masih di bawah target.

Seharusnya sampai 17 September 2018, cakupan imunisasi MR diharapkan sudah mencapai 83,98 persen. Lantas apakah ada perpanjangan kampanye imunisasi MR?

Baca terkait: Cakupan Imunisasi MR di Luar Jawa Masih Rendah, Sosialisasi Perlu Digencarkan

"Soal perpanjangan imunisasi MR sedang dipikirkan bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Kita tidak bisa asal perpanjang seenaknya sendiri," jelas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono saat ditemui di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Jakarta, ditulis Rabu (19/9/2018).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Evaluasi imunisasi MR

Ada evaluasi hasil imunisasi MR fase II. (iStockphoto)

Pertimbangan untuk ada perpanjangan kampanye imunisasi MR juga terkait dengan hasil imunisasi MR yang sudah dilakukan. Ada evaluasi terhadap imunisasi MR fase II ini.

"Ini juga terkait dengan vaksin MR. Karena vaksin ini ada masanya (masa terbentuk kekebalan). Begitu disuntikkan, kekebalan seperti apa yang terjadi. Itu yang akan dilihat nanti," Anung menjelaskan.

Oleh karena itu, ada evaluasi dan diskusi imunisasi MR fase II. Butuh waktu 2 minggu sampai 1 bulan untuk melihat kekebalan terbentuk.

"Untuk evaluasi, tahun ini juga dilakukan. Yang pasti perpanjangan imunisasi MR belum diputuskan kapan," tutup Anung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Juliet, Beruang Terkecil di Dunia Lahir di Banjarnegara

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Taman Margasatwa Serulingmas Banjarnegara Jawa Tengah kedatangan penghuni baru. Seekor bayi beruang madu betina bernama Juliet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Stroke Mat Solar Juga Menyerang Saraf Mata

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah tiga bulan aktor sekaligus pelawak senior, Mat Solar, menderita penyakit stroke. Kondisi tersebut membuat aktivitas Mat Solar menjadi amat terbatas.

Sebenarnya, stroke yang dialami Mat Solar bukan yang pertama kali. Ia pernah sakit serupa beberapa tahun lalu dan berhasil pulih.

"Stroke pertama 2015. Itu masih stroke ringan, normal. Pas terakhir ini (kambuh) sudah dari akhir Juli 2018," ungkap istri Mat Solar, Ida Nurlaila, di kediamannya di kawasan Bambu Apus, Tangerang Selatan, Selasa (18/9/2018).

"Jadi, ini sudah hampir tiga bulan yang stroke lemah ini. Alhamdulillah awalnya cuma stroke lemah, dan sekarang sudah bisa jalan tapi pakai tongkat, alhamdulillah," sambung istri Mat Solar.

Saraf Mata

Mat Solar. Foto: Hernowo Anggie/Liputan6.com

Selain saraf kaki, stroke yang diderita aktor 55 tahun itu juga menyerang saraf mata. Hal ini membuat pandangannya mulai terganggu.

"Matanya agak buram. Kalau semua kondisi dalam badan semua bagus. Cuma mata dokter bilang dari saraf. Kena saraf mata jadi agak buram. Sudah ke dokter mata, dokter bilang bagus. Dari sarafnya," ujar sang istri.

Untuk kesembuhan, Mat Solar masih rutin berobat jalan serta menjalani terapi di rumah maupun di rumah sakit. "Akupuntur sama terapi gerak, jalan. Semua di Pondok Indah. Kalau yang terapi gerak itu mereka datang ke rumah. Kalau akupuntur kita ke rumah sakit," ucap Ida Nurlaila.

Terapi

Mat Solar saat hadiri wisuda anaknya di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Sebelumnya sempat beredar video Mat Solar tengah berobat untuk kesembuhan penyakit stroke yang dideritanya. Dalam video tersebut Mat Solar menjalani terapi dibantu seseorang berseragam TNI AD, Kapten (Inf) Tatang Taryono.

Dalam video tersebut, Mat Solar menjalani terapi kejut listrik yang dilakukan oleh Tatang Taryono. Usai menjalani terapi selama 15 menit, Mat Solar bisa bangun dari kursi rodanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Dibungkam Inter Milan, Manajer Tottenham Berang

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino tidak bisa menahan marah dalam jumpa pers usai timnya kalah 1-2 dari Inter Milan di fase grup Liga Champions, Rabu (19/9/2018) dinihari WIB. Pochettino kesal dengan pertanyaan wartawan terkait pilihan pemainnya.

Seperti diketahui, Pochettino memutuskan untuk tidak memainkan Toby Alderweireld dan Kieran Trippier di laga melawan Inter. Absennya dua pemain andalan ini disinyalir menjadi biang kerok kekalahan Spurs.

Mendapat pertanyaan demikian, Pochettino marah. Manajer asal Argentina ini merasa publik tidak menghargai para pemainnya yang bermain di lapangan.

"Saya pikir kita harus berbicara soal sepak bola. Karena, Anda tahu saya pikir Anda memaksa saya mengatakan sesuatu yang buruk. Anda tidak menghormati para pemain yang hari ini menunjukkan kualitasnya lebih baik daripada lawan," kata Pochettino seperti dilansir Sports Mole.

Pertandingan Inter Milan Vs Spurs digelar di markas Inter, Stadion San Siro. Spurs sebetulnya unggul lebih dulu berkat gol Christian Eriksen.

Inter Milan lalu menyamakan kedudukan setelah tendangan Mauro Icardi gagal ditahan kiper Spurs, Michael Vorm. Jelang laga usai, Matias Vecino membobol gawang Spurs dan akhirnya membawa Inter menang 2-1.

 

 

Kecewa

Gelandang Inter Milan, Matias Vecino, melepaskan tandukan kepala ke gawang Tottenham Hotspur pada laga Liga Champions di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Selasa (18/9/2018). Inter Milan menang 2-1 atas Tottenham Hotspur. (AP/Luca Bruno)

Pochettino menambahkan, dirinya kecewa mendapat pertanyaan terkait absennya Alderweireld dan Trippier. Menurutnya, pertanyaan tersebut seharusnya tidak diajukan kepada dirinya.

"Ketika keputusan saya memainkan 11 pemain tertentu, Anda harus menghormatinya karena saya manajernya. Anda terlalu menunjukkan rasa tidak hormat kepada pemain yang menggantikan mereka," kata Pochetino.

Terjepit

Pertandingan melawan Inter memang menjadi pertandingan pertama di fase grup. Namun kekalahan ini membuat posisi Spurs terjepit.

Pasalnya, mereka berada satu grup dengan Barcelona dan PSV Eindhoven. Di atas kertas, hanya PSV yang bisa dibilang kualitasnya setara dengan Spurs.

Di pertandingan berikutnya, Spurs akan menjamu Barcelona di Wembley, Kamis (4/10/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kulit Kusam Akibat Sinar Matahari? Atasi dengan Minyak Kelapa

Posted: 18 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kulit kusam akibat paparan sinar matahari merupakan permasalahan yang kerap hadir bila kita tidak rutin memberikan perlindungan dan perawatan. Selain membutuhkan waktu yang lama, Anda juga harus mulai secara rutin dan disiplin merawat kulit. Jangan pernah lupa  menggunakan sunscreen setiap akan keluar rumah, agar tidak pemperburuk kondisi kulit.

Anda bisa melakukan perawatan rutin untuk mengembalikan warna kulit seperti semula. Salah satunya dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan bahan natural yang efektif merawat kulit tanpa menimbulkan efek samping.

Minyak kelapa dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan sempurna sehingga kulit lembap dan secara perlahan akan mengubah tone kulit. Selain itu minyak kelapa juga membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari seperti keriput dan flek hitam.

 

Manfaat minyak kelapa untuk kulit tan

Berikut cara mengatasi kulit gelap akibat paparan sinar matahari dengan minyak kelapa. (Foto: iStockphoto)

Minyak kelapa juga melindungi kulit dari kotoran, polusi, dan bahaya sinar UV. Rutin menggunakan minyak kelapa, tidak hanya membantu mengembalikan warna kulit Anda, namun juga membuatnya terlihat glowing.

Seperti dilansir dari situs Boldsky, Rabu (19/9/2018) berikut cara mencerahkan kulit kusam akibat paparan sinar matahari agar kembali seperti sediakala serta lebih sehat menggunakan minyak kelapa.

Bahan-bahan:

Minyak kelapa murni.

Wadah bersih

 

Cara mengaplikasikannya

Berikut cara mengatasi kulit gelap akibat paparan sinar matahari dengan minyak kelapa. (Foto: iStockphoto)

Cara mengaplikasikannya:

1. Tempatkan minyak kelapa murni ke dalam sebuah wadah.

2. Aplikasikan ke seluruh tubuh dengan merata, kemudian pijat secara lembut agar minyak kelapa meresap dengan sempurna ke permukaan kulit.

3. Biarkan minyak kelapa bekerja pada kulit dengan mendiamkannya selama 20 menit. Anda dapat sembari melanjutkan aktivitas Anda.

4. Lanjutkan dengan mandi untuk membersihkan sisa minyak kelapa pada kulit dan menghilangkan rasa lengket. Lakukan perawatan ini secara rutin satu kali seminggu, dan lihat sendiri hasilnya kulit kembali sehat dan cerah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebar Hoaks Demo Ricuh Turunkan Jokowi Ajukan Penangguhan Penahanan

Posted: 18 Sep 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tersangka penyebar video hoaks demonstrasi ricuh turunkan Jokowi di depan Mahkamah Konstitusi (MK) atas nama Syuhada Al Aqse mengajukan penangguhan penahanan.

"Iya sudah (mengajukan penangguhan penahanan) oleh keluarga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Rabu (19/9/2018).

Kata Argo, permohonan tersebut dilakukan pada Senin 17 September 2018. Meski begitu, terkait apakah penangguhan penahanan dikabulkan atau tidak, Argo belum bisa menjawab.

"Nanti penyidik yang akan tentukan," ujarnya.

Karopenmas Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan, pelaku ditangkap tidak jauh dari kediamannya di Jalan Muara II, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Barang bukti yang disita berupa satu bundel printout akun Facebook atas nama Suhada Al Aqse dan dua handphone merek ZTE dan Xiaomi milik pelaku.

"Pasal yang diterapkan Pasal 14 dan Pasal 15 UU 1/1946 ttg Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) UU RI No. 19 Tahun 2016 tengtang perubahan atas UU 11/2008 tentang ITE," kata Dedi melalui siaran pers di Jakarta, Minggu (16/9).

SAA telah menyiarkan atau mengeluarkan pemberitaan bohong dan/atau menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian terhadap individu atau kelompok berdasarkan antar golongan melalui akun Facebook atas nama Syuhada Al Aqse.

Dia menjelaskan, pada Sabtu tanggal 15 September 2018, pelapor mendapat informasi tentang akun facebook An Syuhada Al Aqse yang mem-posting video demonstrasi di depan MK dengan caption, "JAKARTA SUDAH BERGERAK, MAHASISWA SUDAH BERSUARA KERAS DAN PESERTA AKSI MEGUSUNG TAGAR #TurunkanJokowi MOHON DIVIRALKAN KARENA MEDIA TV DIKUASAI PERTAHANA."

Ditangkap di Warung Kopi

"Namun yang sebenarnya video tersebut adalah video simulasi yg dilakukan pihak kepolisian untuk menangani penanggulangan unjuk rasa yang dilakukan di depan gedung MK," jelas Dedi.

Penangkapan berlangsung pada Sabtu 15 September setelah polisi menelusuri alamat pelaku. SAA diciduk saat sedang nongkrong di warung kopi dekat rumahnya.

Dedi mengatakan, status SAA kini tersangka. Penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap tersangka dan saksi-saksi lainnya serta menyita barang bukti untuk segera diproses dalam berita acara pemeriksaan. 

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komparasi Huawei Nova 3i vs Oppo F9. Lebih Bagus Mana?

Posted: 18 Sep 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Huawei belum lama ini meluncurkan tipe smartphone terbarunya, Huawei Nova 3i. Ponsel ini memiliki target konsumen anak muda yang suka fotografi dan videografi, aktif beraktivitas, serta ingin tampil futuristik dan keren.

Huawei Nova 3i juga dijual dengan harga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 4,1 juta. Menjadikan ponsel ini cukup mudah dijangkau oleh target konsumennya.

Soal spesifikasi, banyak yang menyandingkan Huawei Nova 3i dengan salah satu pesaing di kelasnya, yaitu Oppo F9. Walaupun Huawei Nova 3i sudah lebih dulu diluncurkan, tetapi banyak yang menganggap smartphone ini masih bisa bersaing dengan ponsel yang lebih baru.

Apakah benar Huawei Nova 3i lebih unggul dari Oppo F9, atau sebaliknya? Atau, keduanya memiliki performa yang seimbang? Yuk, kita bahas perbandingan antar keduanya dari segi desain, kamera, dan kapasitas memori!

Desain

Hadir dengan warna Sunrise Red dan Twilight Blue, Oppo F9 memiliki layar cukup lebar. Bentang layarnya memiliki luas 6,3 inci dengan resolusi FullHD + kerapatan 2.160 x 1.080 pixel. Aspek rasionya sendiri juga lebih luas dibandingkan para pendahulunya, yaitu 19,5:8.

Walaupun begitu, ukuran layar tersebut tidak mempengaruhi ukuran ponsel berkat desain bezel yang tipis. Selain itu, layarnya yang dilengkapi lapisan Gorilla 6 juga terlihat kokoh dan terasa halus saat diusap. Di sisi belakang, bodi Oppo F9 terbuat dari bahan plastik yang tidak licin saat digenggam.

Di sisi samping bodi Oppo F9 terdapat tombol dan port standar, seperti tombol volume di sisi kiri dan tombol power di sebelah kanan. Di bagian bawahnya terdapat speaker, port micro-USB, dan jack audio 3,5 mm.

Sementara itu, Huawei Nova 3i bisa dibilang memiliki desain yang kekinian dan mengikuti selera anak muda. Ponsel ini hadir dengan warna iris purple dan hitam. Khusus warna iris purple, bagian belakang smartphone ini tampak futuristik dengan adanya tampilan gradasi biru dan ungu bila terkena cahaya. Ditambah lagi material bodinya yang terbuat dari kaca membuat Huawei Nova 3i kian futuristik dan mewah.

Huawei Nova 3i dilengkapi dengan tampilan FullView Display. Ukuran bentang layarnya sama dengan Oppo F9 dengan kerapatan 2.340 x 1.080 pixel. Aspek rasionya sedikit lebih lebar, yaitu 19,5:9. Di bagian atas layar ponsel ini juga terdapat notch atau 'poni' yang lagi cukup ngetren belakangan ini.

Untuk kelengkapan tombol dan port-nya, di sisi kanan Huawei Nova 3i terdapat tombol volume dan power. Di antara kedua tombol ini terdapat sedikit jarak, sehingga memudahkan pengguna untuk membedakan tombol tanpa perlu melihat.

Di sisi kirinya, terdapat slot untuk dual-SIM yang dua-duanya kompatibel untuk 4G. Jika pengguna hanya memiliki satu SIM card, salah satu slot-nya bisa dipakai untuk microSD. Lebih lanjut, di sisi bawah ada jack audio, port USB tipe C, dan speaker grille.

Kapasitas memori

Oppo F9 didukung prosesor MediaTek Helio P60 octa-core 2.0 GHz. Prosesor ini dilengkapi dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan internal 64 GB. Media penyimpanannya bisa diperluas hingga 256 GB dengan tambahan kartu memori eksternal.

Huawei Nova 3i memiliki perbedaan dengan Oppo F9 dalam hal prosesor dan ukuran kapasitas penyimpanan. Huawei Nova 3i difasilitasi dengan prosesor Kirin 710 dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan antarmuka EMUI 8.2.

Smartphone tersebut memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB dan memori internal 128GB. Huawei Nova 3i menjadi ponsel pertama di kelasnya yang mengusung kapasitas memori internal sebesar itu dan menjadikannya smartphone dengan memori terbesar di kalangan ponsel seharga Rp 4 jutaan .

Dampaknya, performa multitasking dan mode split screen di sejumlah aplikasi berjalan dengan halus. Juga tidak ditemui lag saat membuka beberapa aplikasi sekaligus dan bermain game online. Keuntungan lain, pengguna bisa menyimpan foto dan video cukup banyak.

Kamera

Sejak awal, Oppo selalu mengutamakan keunggulan kamera di setiap tipe ponselnya. Di Oppo F9 ini, Oppo menyematkan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 16 MP dan 2 MP. Apperture atau bukaan lensanya sebesar f/1.85.

Hasil foto menggunakan kamera belakang Oppo F9

Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 25 MP dan bukaan lensa f/2.0. Fitur beautify, pilihan efek warna, dan stiker-stiker unik juga tetap ada di menu kamera Oppo F9 untuk memberikan pengalaman selfie yang menarik dengan hasil cantik.

Hasil foto selfie menggunakan kamera depan Oppo F9.

Lalu, bagaimana dengan Huawei Nova 3i? Ponsel ini memiliki empat kamera, dua di bagian depan dan dua di belakang. Kamera belakangnya dilengkapi konfigurasi 16 MP dan 2 MP serta teknologi auto-focus PDAF. Bukaan lensa di kamera belakangnya sebesar f/2.2.

Hasil foto menggunakan kamera belakang Huawei Nova 3i

Resolusi kamera depan Huawei Nova 3i sebesar 24 MP dan 2MP dengan apperture f/2.0. Kamera depannya juga dilengkapi dengan fasilitas AI Selfie Master yang dapat mengenali delapan obyek dan memberi pengaturan terbaik sesuai kondisi. Dijamin, hasil selfie-mu akan tampak menawan dan tak akan mengecewakan.

Hasil foto selfie menggunakan kamera depan Huawei Nova 3i.

Itu adalah sebagian aspek yang bisa diperbandingkan antara Huawei Nova 3i dan Oppo F9. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua kembali lagi kepada selera dan kebutuhan Anda.

Komparasi Huawei Nova 3i vs Oppo F9.

Jadi, mau pilih yang mana?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Firmino Bidik Rekor Gol Gerrard di Liga Champions

Posted: 18 Sep 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Penyerang Roberto Firmino menunjukkan performa yang memukai sejak bergabung dengan klub Liverpool. Bahkan, sang pemain kini punya peluang untuk melewati catatan gol Steven Gerrard di Liga Champions.

Firmino baru saja mencetak satu gol saat membantu Liverpool meraih kemenangan atas PSG dengan skor 3-2, Rabu (19/9) dinihari WIB. Sementara, dua gol The Reds lain dicetak oleh Daniel Sturridge dan James Milner.

Satu gol yang disumbangkan oleh Firmino adalah gol ketiga Liverpool, yang tercipta setelah skor sempat imbang 2-2. Bukan hanya memastikan kemenangan, tapi gol itu membuat catatan Firmino kini menjadi 12 gol di Liga Champions.

Dengan catatan 12 gol, maka Firmino kini mendekati rekor gol Liverpool di Liga Champions yang masih dipegang oleh Steven Gerrard. Sang legenda tercatat telah mencetak 30 gol di kompetisi paling akbar se-Eropa tersebut.

 

Peluang Langkahi Gerard

Firmino punya kans bagus untuk melewati rekor gol milik Gerrard. Sebab, secara usia dia masih cukup produktif. Saat ini Firmino baru berusia 26 tahun dan karirnya masih sangat panjang bersama Liverpool. Sementara, seperti diketahui Gerrard sudah pensiun.

Selain itu, catatan produktifitas gol pemain asal Brasil tersebut juga sangat impresif di Liga Champions. Musim lalu, dia sukses mencetak 11 gol. Sementara, di laga pembuka musim 2018/19 ini, Firmino telah mencatatkan satu gol ke gawang PSG.

Jika melihat kinerja lini serang Liverpool, Firmino punya kecocokan dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane. Performa mereka terus mengalami peningkatan. Maka, peluang bagi Firmino untuk terus mendulang gol di Liga Champions masih sangat terbuka.

Jalan untuk melewati rekor gol Gerrard tentu saja masih panjang. Butuh 19 gol lagi bagi Firmino untuk bisa mencapainya. Tapi, tidak ada yang tidak mungkin bagi eks penyerang Hoffenheim tersebut.

Firmino sendiri dimainkan oleh Jurgen Klopp sebagai pemain cadangan di laga melawan PSG. Tentu saja keputusan tersebut diambil karena merujuk apa yang terjadi di laga akhir pekan, ketika Liverpool berjumpa Tottenham di lanjutan Premier League.

Pada laga tersebut, Firmino mengalami cedera di bagian mata. Bahkan, Firmino sempat diragukan bisa bermain melawan PSG. Namun, akhirnya Klopp memainkan Firmino meskipun tidak dalam kondisi bugar dan keputusan ini berujung positif karena sang pemain jadi penentu kemenangan Liverpool.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Membuat Cat Dinding Luar Rumah Awet dan Tahan Lama

Posted: 18 Sep 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adakah cara membuat cat dinding luar rumah awet dan tahan lama? Cat dinding pada bagian luar rumah ternyata bisa lebih cepat mengalami kerusakan seperti warnanya yang memudar atau terkelupas karena paparan sinar matahari dan guyuran air hujan. Bahkan perubahan iklim juga bisa membuat munculnya jamur di tembok rumah karena suhu yang lembab atau basah.

(Baca juga: 5 Kesalahan Memilih Warna Cat Dinding)

Karena itu cat dinding pada bagian luar rumah juga perlu dirawat agar penampilannya selalu sedap dipandang mata. Apalagi tidak lama lagi Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran akan tiba di mana akan ada banyak tamu yang akan berkunjung ke rumah Anda.

Atau mungkin malah mau beli rumah baru? Manfaatkan jasa agen properti profesional yang dapat membantu keamanan dan kenyamanan transaksi pembelian properti Anda.

Tentunya Anda tidak ingin tamu yang datang ke rumah Anda langsung mendapat kesan 'kumuh' gegara tampilan warna tembok yang kusam atau terkelupas, kan?! Nah, agar warna cat dinding bagian luar rumah Anda bisa lebih awet dan tahan lama, maka simak tips dari Rumah.com berikut ini.

Bersihkan Dinding

1. Bersihkan Dinding yang Hendak Dicat

Sebelum mulai mengecat, pastikan dinding dalam keadaan bersih dan tidak ada noda atau debu tebal yang menempel. Adanya kotoran dapat membuat cat tidak menempel dengan sempurna hingga rawan mengelupas.

Dan bila dinding Anda terlanjur sudah berlumut, siram dengan air kaporit agar benih jamur di tembok mati. Dan Anda bisa mulai mengecat ketika dinding sudah dalam keadaan kering.

2. Pilih Cat Khusus Eksterior

Cat khusus eksterior biasanya sudah diformulasikan untuk mengecat dinding bagian luar sehingga lebih kuat dan tahan lama untuk melindungi dinding dari perubahan iklim. Salah satu ciri cat dinding luar rumah biasanya mencantumkan keunggulannya seperti weather proof atau weather resistance.

Mau beli rumah? Mengajukan KPR? Atau mengurus legalitas tanah? Cek panduan lengkapnya di sini!

Selain itu, kandungan cat ini juga bisa mencegah timbulnya jamur dan flek akibat rembesan air hujan. Cat dinding yang baik biasanya akan bertahan tanpa kerusakan dan mengelupas selama hampir empat tahun.

3. Sesuaikan Cat dengan Bahan Dinding

Cat yang biasa digunakan untuk dinding tembok biasa tentu akan berbeda dengan cat yang dipakai untuk dinding kayu atau batu alam. Cat tembok biasanya memiliki tekstur lebih tebal dibandingkan cat dinding batu atau kayu agar lapisan semen di bawahnya tidak terlihat.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah dengan pengaplikasian warna yang indah dengan harga di bawah Rp1 miliar)

Gunakan Warna Cerah

4. Pilih Warna Cerah

Pemilihan warna juga penting. Warna cerah disarankan karena memiliki pigmen lebih sedikit dibandingkan cat warna gelap sehingga resiko kepudaran cat akan lebih sedikit dibandingkan bila Anda menggunakan warna pekat. Selain itu Anda juga jadi tidak perlu repot mengecat ulang dinding terlalu sering. Beberapa warna yang disarankan adalah kuning, hijau muda atau warna putih.

Mau punya rumah tapi ragu-ragu dengan kemampuan Anda untuk membayar cicilan KPR per bulannya? Cek hitung-hitungannya lewat kalkulator KPR persembahan Rumah.com.

5. Mengecat Dinding di Saat Cuaca Cerah

Pemilihan waktu pengecatan juga penting. Mengecat rumah di saat cuaca cerah pastinya dapat membantu proses pengeringan cat. Bila mengecat di saat musim hujan maka lapisannya akan mudah rusak karena terbawa air.

Perhatikan juga kondisi dinding rumah sebelum mulai dicat. Dinding yang memiliki permukaan lembab atau basah bisa membuat cat tidak terserap dengan sempurna.

6. Gunakan Teknik Pegecatan yang Tepat

Teknik pengecatan pun harus diperhatikan karena bila salah akan membuat permukaan tembok tidak halus. Karena itu sebaiknya lapisi dulu bagian yang sulit seperti sudut dinding dan bagian yang dekat dengan atap. Setelah itu kerjakan bagian lain yang lebih mudah dan oleskan kuas cat hanya satu arah agar hasilnya halus dan merata.

Mau beli rumah atau tanah? Jangan keburu nafsu, cek dulu review properti persembahan Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

Mita Agustina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jatim Tawarkan 2.065 Lowongan CPNS 2018, Simak Rinciannya

Posted: 18 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur unk bergabung menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Di tahun ini, Pemporv Jatim mengalokasikan sebanyak 2.065 formasi dengan rincian untuk tenaga guru sebanyak 826 formasi, untuk tenaga kesehatan sebanyak 797 formasi dan untuk tenaga teknis sebanyak 442 formasi.

Dikutip dari laman Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur, Rabu (19/9/2018), persyaratan umum untuk bisa mendaftar CPNS di Pemprov Jatim adalah:

1. Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan

2. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta

5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar

8. Tidak pernah mengkonsumsi atau menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan berdasarkan surat keterangan dokter pemerintah

9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah

10. Pelamar hanya dapat mendaftar pada satu Instansi Pemerintah dan satu formasi jabatan

11. Peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi yang bersangkutan dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya selama 10 tahun sejak TMT PNS.

Persyaratan Khusus

Peserta mengantre untuk pendaftaran ulang ujian CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Minggu (8/10). Pembukaan lowongan CPNS ini dalam rangka mengisi kekosongan 41 jabatan pada Kantor Pusat dan UPT di KKP. (Liputan6.com/Johan Tallo)

1. Pelamar lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (Cumlaude):

a. Formasi jabatan sejumlah 103 formasi sebagaimana dalam lampiran

b. Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik berpredikat dengan pujian dikhususkan bagi lulusan minimal jenjang pendidikan Strata 1

c. Calon pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat dengan pujian (cumlaude) dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan

d. Bagi pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan angka 4 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

2. Pelamar Disabilitas:

a. Formasi jabatan sejumlah 21 formasi sebagaimana dalam lampiran

b. Disabilitas adalah pelamar bekebutuhan khusus setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kemampuan fungsional oleh Dokter Pemerintah bahwa yang bersangkutan benar-benar sebagai penyandang disabilitas dan masih dapat ditingkatkan melalui terapi dengan alat bantu, bahasa isyarat dan treatment khusus lainnya serta dapat melaksanakan tugas kedinasan apabila diterima sebagai CPNS Pemerintah Jawa Timur

c. Surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya sebagaimana format surat terlampir dan diunggah ke https://sscn.bkn.go.id/ pada kolom persyaratan tambahan

d. Bagi peserta penyandang disabilitas Tuna Netra diberikan tambahan waktu Seleksi Kompetensi Dasar sampai dengan 120 menit.

Tata Cara Pendaftaran

Peserta mengantre untuk pendaftaran ulang ujian CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Minggu (8/10). Pembukaan lowongan CPNS ini dalam rangka mengisi kekosongan 41 jabatan pada Kantor Pusat dan UPT di KKP. (Liputan6.com/Johan Tallo)

1. Pengumuman lowongan formasi yang dibutuhkan pada penerimaan CPNSD Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 dapat dilihat pada website http://bkd.jatimprov.go.id/ dan https://sscn.bkn.go.id/;

2. Pendaftaran CPNSD Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan diinformasikan lebih lanjut melalui website http://bkd.jatimprov.go.id/ dan https://sscn.bkn.go.id/;

3. Calon Pelamar Seleksi Penerimaan CPNSD wajib memiliki Surat Elektronik (e-mail) yang masih aktif/berlaku dan wajib mempersiapkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor Kartu Keluarga, dan/atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai pada Kartu Keluarga Calon Pelamar;

4. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id/ dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP atau NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK;5. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga Calon Pelamar, silahkan menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar;

6. Jika pelamar telah berhasil melakukan pendaftaran ke Portal SSCN 2018, selanjutnya harus mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke Portal SSCN 2018. Simpan Kartu tersebut dengan baik;

 

7. Dokumen persyaratan diunggah melalui laman https://sscn.bkn.go.id/ terdiri dari:

3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS (Liputan 6)

a. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;

b. Pas foto berwarna tampak depan terbaru berlatar belakang merah, posisi potret, rasio 3:4;

c. Swafoto/selfie dengan membawa kartu informasi akun SSCN 2018 dan KTP;

d. Ijazah asli;

e. Transkrip nilai asli;

f. Bukti akreditasi program studi pada saat lulus; 

g. Surat lamaran ditujukan kepada Gubernur Jawa Timur di Surabaya, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format dapat diunduh pada 200 Kb

h. Tenaga kesehatan harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sesuai dengan keahliannya yang dikeluarkan oleh:

• Bagi tenaga Dokter/Dokter Spesialis/Dokter Gigi/Dokter Gigi Spesialis dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) / Konsil Kedokteran Gigi Indonesia (KKGI);

• Bagi tenaga Apoteker dikeluarkan oleh Komite Farmasi Nasional (KFN);

• Bagi tenaga Kesehatan lainnya dikeluarkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) atau Pelayanan Perizinan Terpadu (P2T) Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

i. Khusus bagi pelamar jabatan tenaga guru yang telah memiliki sertifikat pendidik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, wajib dilampirkan;

Semua dokumen dimaksud diunggah dalam bentuk soft copy dengan ukuran maksimal file tipe .pdf 300 Kb dan untuk file foto tipe .jpg 200 Kb

Persyaratan Pendaftaran

Peserta tes CPNS Kemenkumham Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dengan persyaratan nilai:

a. Pendidikan D-III, D-IV, S.1, S.2 minimal = 2,75 pada skala 4,00.

b. Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) : rata-rata nilai kumulatif ijazah minimal = 7,00 pada skala 10,00;

2. Akreditasi Program Studi saat kelulusan minimal B terdaftar dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) atau Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT Kes);

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat: Jokowi Titip Salam untuk SBY

Posted: 18 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menitipkan pesan untuk Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarifuddin Hasan, usai menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2018-2023 di Istana Negara.

"Beliau (Jokowi) kirim salam buat Bapak (SBY) mudah-mudahan komunikasi semakin baik," kata Syarifuddin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Saat bertemu Jokowi, kata Syarifuddin, tidak ada pembahasan soal pemberitaan konspirasi kasus Bank Century yang menyeret nama SBY di situs Asia Sentinel. Kubu Demokrat sebelumnya mengaitkan pemberitaan itu dengan pihak Istana.

"Kita engak bahas soal itu (pemberitaan konspirasi kasus Bank Century)," tegas Syarifuddin.

"Hanya itu saja bahwa ini kan terima kasih karena sudah datang mewakili SBY," kata Syarifuddin.

Menurut dia, Jokowi juga tidak mengungkit pidato SBY mengenai kekhawatiran intelijen dan polisi tidak netral di Pemilu 2019 sampai soal masyarakat mengeluh harga bahan pokok naik.

"Enggak ada, cuma say hello aja," jelasnya.

 

 

Pidato SBY

Saat berpidato dalam acara HUT ke-17 Partai Demokrat di Djakarta Theatre, Senin (17/9/2018), SBY meyakini situasi politik menjelang pemilihan umum 2019 akan semakin memanas.

Banyak godaan dan ujian yang akan dihadapi, termasuk keberpihakan aparat negara seperti intelijen, polisi, dan militer.

Selain itu, SBY juga mengatakan belakangan ini harga bahan pokok melambung tinggi. SBY mengaku sudah berkeliling nusantara, mengunjungi ratusan kabupaten dan kota, untuk berdialog langsung dengan berbagai lapisan masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Aragon: Duo Ducati Ancam Marquez

Posted: 18 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Aragon - Aragon akan menjadi seri ke-14 MotoGP 2018. Balapan yang menjadi favorit rider Repsol Honda Team, Marc Marquez itu bakal berlangsung pada Minggu (23/9/2018).

Di MotoGP Aragon, Maruqez tercatat sudah tiga kali berada di podium pertama. Tahun lalu, dia berada di tempat pertama bersama dua rider Spanyol lainnya, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Tak hanya itu, Marquez juga sudah tiga kali meraih pole position. Juara MotoGP musim lalu itu masih memegang rekor catatan waktu lap terbaik pada 2015, satu menit 46,635 detik.

Catatan tersebut membuat Marquez dijagokan memenangkan balapan MotoGP Aragon 2018.

Namun jangan pernah melupakan Ducati yang bisa menjadi penantang serius Marquez. Pabrikan asal Italia itu tengah on fire dengan memenangkan tiga balapan terakhir MotoGP.

Lihat jadwal balapan MotoGP Aragon di halaman selanjutnya.

Jadwal MotoGP Aragon

Jumat, 21 September 2018

14.55 - 15.40 WIB Sesi latihan bebas pertama

19.05 - 19.50 WIB Sesi latihan bebas kedua

Sabtu, 22 September 2018

14.55 - 15.40 WIB Sesi latihan bebas ketiga

18.30 - 19.00 WIB Sesi latihan bebas keempat

19.10 - 19.50 WIB Sesi kualifikasi

Minggu, 23 September 2018

14.40 - 15.00 WIB Sesi pemanasan

19.00 WIB Balapan

 

 

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 221 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 154 poin

3. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 151 poin

4. Jorge Lorenzo (Ducati Team) 130 poin

5. Maverick Viñales (Movistar Yamaha) 124 poin

6. Cal Crutchlow (LCR Honda) 119 poin

7. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 110 poin

8. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 110 poin

9. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 92 poin

10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 79 poin

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 76 poin

12. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 64 poin

13. Jack Miller (Pramac Ducati) 61 poin

14. Tito Rabat (Reale Avintia) 35 poin

15. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) 32 poin

16. Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS) 26 poin

17. Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech3) 24 poin

18. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 19 poin

19. Bradley Smith (Red Bull KTM Factory) 15 poin

20. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 14 poin

21. Scott Redding (Factory Aprilia Gresini) 12 poin

22. Mika Kallio (Red Bull KTM Factory) 6 poin

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team (GP16) 4 poin

24. Michele Pirro (Ducati) 1 poin

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Persiapan Skuat AS Roma Sebelum Bertandang ke Markas Real Madrid

Posted: 18 Sep 2018 09:45 PM PDT

Gelandang Roma, Lorenzo Pellegrini (tengah) bersama rekan setimnya saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan bermain di markas Real Madrid pada Kamis, 20 September 2018 dini hari. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Gelandang Roma, Lorenzo Pellegrini (tengah) bersama rekan setimnya saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan bermain di markas Real Madrid pada Kamis, 20 September 2018 dini hari. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Gelandang Roma, Daniele De Rossi melakukan pemanasan saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan menghadapi Real Madrid pada laga pembuka Grup G Liga Champions. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Gelandang Roma, Daniele De Rossi melakukan pemanasan saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan menghadapi Real Madrid pada laga pembuka Grup G Liga Champions. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Pemain depan Roma, Edin Dzeko (belakang) dan Justin Kluivert (tengah) saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan bermain di markas Real Madrid pada Kamis, 20 September 2018 dini hari. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Pemain depan Roma, Edin Dzeko (belakang) dan Justin Kluivert (tengah) saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan bermain di markas Real Madrid pada Kamis, 20 September 2018 dini hari. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Pemain tengah Roma, Steven Nzonzi (dua kiri) dan bek Aleksandar Kolarov (tengah) saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan menghadapi Real Madrid pada laga pembuka Grup G Liga Champions. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Pemain tengah Roma, Steven Nzonzi (dua kiri) dan bek Aleksandar Kolarov (tengah) saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan menghadapi Real Madrid pada laga pembuka Grup G Liga Champions. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Gelandang Roma, Lorenzo Pellegrini (tengah) bersama rekan setimnya saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan bermain di markas Real Madrid pada Kamis, 20 September 2018 dini hari. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Gelandang Roma, Lorenzo Pellegrini (tengah) bersama rekan setimnya saat berlatih di Trigoria, pinggiran Roma, Italia, Selasa (18/9). AS Roma akan bermain di markas Real Madrid pada Kamis, 20 September 2018 dini hari. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Nia Daniaty, Kecantikan Janda Farhat Abbas Ini Bikin Terpesona

Posted: 18 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara nyentrik Farhat Abbas pernah menikah dengan beberapa perempuan. Yang paling dikenal masyarakat adalah Nia Daniaty dan Regina Andriane Saputri.

Belakangan, nama mantan istri Farhat Abbas kembali jadi perbincangan di media sosial. Bukan karena kariernya di panggung hiburan, melainkan kecantikannya yang semakin memesona.

Hanya saya, warganet tak menyoroti Nia Daniaty. Justru nama Regina, mantan istri Farhat Abbas lainnya, yang dipuji karena semakin terlihat cantik.

Beberapa tahun lalu, saat masih bersama Farhat Abbas, Regina terlihat berisi. Sedikit gemuk. Namun kini, tubuh Regina terlihat lebih langsing.

 

Bentuk Tubuh Berubah

Mantan Istri Farhat Abas, Regina Andriane Saputri bespose saat sesi foto di kediamannya di Bogor (12/7). Dalam kesempatan ini, Regina Andriane Saputri bercerita soal keberhasilannya menurunkan bobot tubuh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cobalah datang ke akun Instagram Regina, @reginaandriane. Lihatlah foto-fotonya. Bila hanya sepintas saja melihat foto-foto di akun itu, mungkin kalian akan pangling.

Sebab, tubuh yang dulu berisi itu sekarang sudah tak terlihat. Sudah berubah ramping. Sudah begitu, wajah Regina juga terlihat lebih tirus. Hidungnya terlihat lebih mancung.

 

Pujian Penggemar

Farhat Abbas dan Regina [Foto: Twitter @farhatabbaslaw]

Dan, bacalah komentar netizen. Banyak di antara mereka yang merasa kagum dengan perubahan Regina. Mereka memberikan berbagai pujian.

"Cantik banget sih," komentar akun Silvi.

"Cantikan kalo gini, apalagi kalau rambutnya dicat item, jadi keliatan lebih muda," kata akun Niko.

"Sukses ya mba dietnya, makin terlihat cantik," kata akun Mastia. (Dream.co.id/ Nur Ulfa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Idrus Marham, KPK Periksa Politikus Golkar Melchias Mekeng

Posted: 18 Sep 2018 09:32 PM PDT

Anggota DPR RI, Melchias Markus Mekeng memenuhi panggilan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Politikus Partai Golkar itu dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota DPR RI, Melchias Markus Mekeng memenuhi panggilan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Politikus Partai Golkar itu dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Politikus Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Ketua Fraksi Golkar di DPR itu diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Politikus Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Ketua Fraksi Golkar di DPR itu diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Politikus Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng berada di ruang tunggu sebelum pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Melchias dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Politikus Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng berada di ruang tunggu sebelum pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Melchias dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Politikus Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng menaiki tangga menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Ketua Fraksi Golkar di DPR itu diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Politikus Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng menaiki tangga menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Ketua Fraksi Golkar di DPR itu diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru Jadi Formasi Terbanyak CPNS 2018 di Kota Malang

Posted: 18 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota Malang menyediakan kuota 282 kursi dalam seleksi nasional CPNS 2018 ini. Formasi tenaga pengajar atau guru jadi yang paling banyak disediakan untuk kota ini. Informasi rinci tentang formasi itu mulai bisa dilihat sejak Rabu, 19 September ini.

Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan, dari total 282 kuota CPNS 2018 itu rinciannya 230 untuk formasi guru, 39 tenaga kesehatan, 6 tenaga teknis, dan sisanya untuk honorer K2.

"Kuota itu sesuai hasil rapat koordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional di Surabaya," kata Nur Widianto di Malang, Selasa, 18 September 2018.

Formasi guru jadi yang paling banyak lantaran setiap tahunnya juga membutuhkan paling banyak. Apalagi mengutip data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang, tiap tahun sedikitnya 300 pegawai yang pensiun.

"Kalau dibilang ideal ya jelas belum, karena kebutuhan sebenarnya banyak. Tapi kami menerima apa yang diberikan oleh BKN," kata Kepala BKD Kota Malang, Anita Sukmawati beberapa saat lalu.

Warga yang tertarik untuk mengikuti tes seleksi calon pegawai negeri itu sudah bisa mengintip di website Sistem Seleksi CPNS Nasional milik Badan Kepegawaian Nasional. Termasuk mendaftar secara dalam jaringan (daring/online) di portal tersebut.

Mulai tahun ini, seluruh proses pendaftaran mulai dari pemberkasan sampai seleksi dilakukan secara daring. Sepenuhnya langsung terhubung dengan pusat. Pemerintah daerah sama sekali tak terlibat dalam seleksi nasional CPNS 2018 ini.

Pengurusan SKCK

Antrian pengurusan SKCK di Polres Malang Kota (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sendiri disebut–sebut tetap jadi salah satu syarat mendaftar seleksi nasional CPNS 2018. Di Polres Malang Kota, dalam beberapa hari terakhir ini pengurusan dokumen itu melonjak lebih tinggi.

Kepala Urusan SKCK Polres Malang Kota, Ajun Inspektur Satu Soesanti mengatakan, pada hari biasa, rata–rata pengurusan dokumen tersebut tak lebih dari 50 orang per hari. Namun, sejak 3 hari terakhir ini bisa sampai 200 orang per hari.

"Agar bisa lebih maksimal, kami sampai menambah personel untuk membantu layanan ini," kata Soesanti.

Apalagi jam layanan SKCK di Polres Malang Kota berlangung cukup singkat, sejak pukul 08.00 – 13.30. Meski demikian, durasi waktu yang pendek itu sejauh ini tak sampai menyebabkan antrean panjang pelayanan dokumen tersebut.

"Perkiraan kami akan terus ramai sampai hari terakhir pendaftaran. Itu seperti di tahun sebelumnya," ucap Soesanti.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KEIN Susun Indeks Pembangunan Pariwisata

Posted: 18 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pariwisata menjadi sektor ekonomi vital di era Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Untuk mempercepat pemerataan kapasitas sektor tersebut, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyusun Indeks Pembangunan Pariwisata Indonesia (IPPI).

Ketua Tim Penyusunan IPPI, Sari Lenggogeni, mengatakan pemerintah perlu memperhitungkan segala hambatan dalam percepatan sektor pariwisata. Banyak aspek perlu diukur untuk merumuskan kebijakan pariwisata strategis.

"Kita tidak punya ukuran yang menyeluruh dalam perumusan kebijakan pariwisata yang sesuai dengan kondisi geo demografis kita,  seperti faktor kebencanaan,  posisi target pasar,  karakteristik dan kualitas produk, dan yang paling substantif, indeks yang sudah ada tidak memberikan ruang untuk mengukur "experience" dan "hospitality" per provinsi dan kabupaten," kata Sari dalam seminar penyusunan IPPI dan kunjungan KEIN di Padang,seperti dikutip dari keterangan tertulis,Rab (19/9/2018).

"Karena kurang komprehensifnya daya,  kebijakan infrastruktur pendukung pariwisata pun sulit diukur dampaknya per destinasi.  Situasinya akan berbeda apabila kita memiliki data tentang berbagai ukuran sampai ke tingkat daerah," tambah dia.

Akademisi jebolan Queensland University Australia ini juga mengatakan indeks ini merupakan salah satu strategi pemetaan data untuk percepatan pemerataan investasi pariwisata di Indonesia. Daerah-daerah potensial dapat dilirik oleh investor dengan mudah karena ada dukungan data yang lengkap.

"Kita tentu ingin melihat banyak daerah di Indonesia melaju dengan tingkat pertumbuhan pariwisata seperti Bali. Namun pemerintah pusat belum punya basis argumen yang kuat dengan dukungan data yang komprehensif untuk menetapkan mana daerah prioritas dan mana daerah yang memerlukan dukungan lebih," ujar dia.

Lebih lanjut ia menuturkan, indeks ini juga penting untuk promosi kepada berbagai investor mancanegara. Banyak daerah yang punya potensi dan siap tapi tidak terlihat karena kekurangan data pendukung terkait sektor pariwisata.

"Fungsi promosinya juga ada, bukan hanya mengukur kinerja yang fundamental. Misalnya,  kita tinggal menyampaikan kepada investor, ayo datang, kita punya banyak yang sudah siap, seperti yang sempat disinggung profesor kita tadi," tambah dia.

 

 

Kembangkan Pariwisata Butuh Koordinasi Berbagai Lembaga

Foto: Kementerian Pariwisata.

Di sisi lain, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pariwisata KEIN, Dony Oskaria menuturkan, penyusunan indeks ini merupakan sebuah kerja strategis. Dia mengatakan, pembangunan pariwisata adalah tugas dari berbagai sektor.

"Kita tidak boleh tutup mata. Pariwisata ini harus memikirkan koordinasi berbagai lembaga. Sektor ini tidak bisa berdiri sendiri. Dari birokrasi, keamanan, sampai ke pembangunan infrastruktur harus sejalan. Tidak bisa bicara sendiri-sendiri. Kita butuh ukuran yang jelas dan ilmiah. Makanya, kita harus kebut ini," kata Dony.

Komisaris Garuda Indonesia ini meyakini pembangunan pariwisata Indonesia akan mengalami tren yang baik. Dia mengharapkan penyusunan indeks ini dapat berkontribusi banyak.

"Pariwisata akan mengalami tren baik. Melemahnya rupiah malah bisa jadi peluang. Semuanya harus bisa menikmati ini, termasuk warga. Semoga indeks ini bisa kontribusi banyak," tutur Dony.

Acara seminar penyusunan indeks ini akan diadakan KEIN di tiga zona, yakni zona Barat di Padang, zona tengah di Bali, dan zona timur di Denpasar.

Acara di zona barat dihadiri oleh berbagai akademisi dan praktisi, di antaranya Asnawi Bahar (Ketua DPP Asita), Prof. Werry Dharta Thaifur (Guru Besar Ilmu Ekonomi Unand/ Rektor Unand periode 2013-2017), Prof. Helmi (Guru Besar Unand bidang Sosial Ekonomi), Prof. Ganefri (Rektor Universitas Negeri Padang), Hefrizal Hendra (Pakar Anggaran), Harif Amali Rivai (Dekan FE Unand), Masyhuri Hamidi (Pakar Investasi).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga 1: Persib Punya Bekal Berharga Hadapi Persija

Posted: 18 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, mengaku timnya mempunyai bekal berharga ketika menghadapi Persija Jakarta pada pekan ke-23 kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak.

Meski belum ada kepastian terkait jadwal setelah belum mendapat rekomendasi dari pihak keamanan, Gomez mengaku Persib bakal terus melakukan persiapan maksimal.

Satu modal yang diraih usai mendapatkan tiga angka dari markas Borneo FC pada pertandingan di Stadion Batakan, Balikpapan, Senin 17 September 2018 lalu, anak asuhnya dalam kondisi prima.

"Ini tiga poin yang bagus karena Borneo adalah tim kuat dan saya bangga pada pemain karena bisa menang lagi dan itu bagus (untuk modal pertandingan selanjutnya)," kata pelatih Persib ini.

Pemain Utama

Pemain Persib berlari saat latihan resmi jelang laga lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (29/6). Persib akan melakoni laga tandang tunda melawan Persija, Sabtu (30/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menghadapi tim berjuluk Macan Kemayoran, Persib Bandung hampir dipastikan bisa menurunkan seluruh pemain utamanya termasuk Febri Hariyadi serta Bojan Malisic yang baru lepas dari hukuman akumulasi kartu.

"Ini masih punya beberapa pemain yang beresiko (gagal tampil) tapi gak apa-apa kita lihat karena kita juga punya pemain lain," katanya.

Tanggapan Mundurnya Laga

Pelatih Persib, Mario Gomez (kanan) mengecek kondisi lapangan jelang lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (29/6). Persib akan melakoni laga melawan Persija, (30/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gomez turut angkat suara terkait rekomendasi untuk pengunduran laga bertajuk El Clasico menghadapi Persija Jakarta.

Menurutnya jika keputusan tersebut harus dilakukan, hal serupa wajib berlaku kepada laga melawan Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu 29 September 2018 mendatang.

"Saya belum tahu kenapa pertandingan ini harus ditunda tapi jika kami bermain tanggal 25 (September) minimal kami juga bermain tanggal 30 melawan Madura bukan 29 karena kami hanya punya waktu istirahat minimal empat hari," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Apa Pemeriksaan Kehamilan Ditanggung?

Posted: 18 Sep 2018 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Dalam persalinan, pelayanan apa saja yang termasuk dijamin oleh BPJS Kesehatan?

 

Jawaban:

BPJS Kesehatan menjamin pemeriksaan kehamilan, persalinan, pemeriksaan bayi baru lahir, pemeriksaan pasca persalinan, dan tindakan medis lainnya yang tercantum dalam diagnosis INA CBG's yang ditetapkan oleh pemerintah.

 

 

 

Salam,

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30 berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segera Umumkan Formasi, #CPNS2018 Jadi Trending Topic di Twitter

Posted: 18 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peminat seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai bisa mengakses laman Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) milik Badan Kepegawaian Negara per 19 September 2018, pukul 13.00.

Kendati masih beberapa jam lagi, laman SSCN dengan domain di sscn.bkn.go.id sudah banyak diakses. Selain itu, tagar #CPNS2018 menjadi trending topic di lini masa Twitter.

Hal ini terbukti dari berbagai unggahan di lini masa Twitter sebagaimana dipantau Tekno Liputan6.com, Rabu (19/9/2018).

Pengguna dengan akun @man_choys misalnya mencuitkan pertanyaan apakah situs SSCN masih belum bisa diakses.

Ada juga pengguna dengan akun @enfadila yang menulis dengan tagar (#CPNS2018). "Selamat berburu ya teman-teman," twit dia.

Sementara itu, pengguna dengan akun @rizdaRach menyemangati mereka yang berminat mendaftar CPNS 2018. Ia mengingatkan agar para calon peserta tidak lupa untuk ikhtiar dan usaha.

Ada juga pengguna Twitter yang tampak iba kepada pegawai honorer K2 yang sudah berusia di atas 35 tahun, sebab tak bisa lagi diangkat sebagai CPNS.

Menyerah Daftar CPNS

Peserta tes CPNS Kemenkumham Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

Pengguna dengan akun @Gilang_AnandaP justru menyerah untuk mendaftar sebagai peserta CPNS karena persaingan yang kian ketat.

Pengguna lain yang mengaku tidak punya ijazah mengaku tidak bisa mendaftar jadi peserta CPNS dan memilih bertani.

Lain lagi dengan warganet yang harus pasrah karena jurusan kuliahnya tidak tersedia dalam formasi yang dibuka. 

SSCN Bisa Diakses Pukul 13.00 WIB

Buat kamu yang masih berharap bisa masuk CPNS, pemerintah akan buka pendaftaran CPNS 2018 lho. (Liputan6.com)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan bahwa portal untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 bakal bisa diakses pada Rabu siang ini. Dengan bisa diaksesnya portal ini, calon pendaftar CPNS 2018 bisa langsung melihat berbagai formasi dan instansi yang membuka lowongan.

"Portal SSCN silakan mulai diakses pukul 13.00 WIB hari ini, silakan lihat apa saja formasi dan instansinya, beserta persyaratannya," jelas Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Seperti dikutip dari akun resmi twitter BKN, Selasa (19/9/2018).

Sampai berita ini diturunkan memang portal sscn.bkn.go.id belum bisa diakses.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anies Belum Terima Nama Wagub DKI dari PKS dan Gerindra

Posted: 18 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan belum menerima nama Wagub yang diajukan oleh Partai Gerindra dan PKS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Kecelakaan Mobil yang Dialami Al Ghazali

Posted: 18 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anak sulung Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Al Ghazali, mengalami kecelakaan mobil di kawasan Condet, Jakarta Timur, Selasa (18/9/2018).

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, terlihat Al sedang terbaring di lantai. Kabarnya, mobil yang dikemudikan Al Ghazali menabrak sebuah truk.

Ahmad Dhani pun angkat bicara mengenai kecelakaan Al Ghazali. Menurut dia, ketika itu Al didampingi seorang temannya hendak menuju rumah Maia Estianty.

"Dia sama temannya, dia yang menyetir. Dia mau ke rumah bundanya," kata Ahmad Dhani saat dihubungi, Selasa (18/9/2018).

Jatuh Pingsan

Al Ghazali [foto: instagram/alghazali7]

Entah apa penyebabnya, Al Ghazali tiba-tiba jatuh pingsan saat menyetir mobilnya. Alhasil, benturan yang cukup keras pun tak dapat dihindari. Akibat kecelakaan itu Al mengalami benturan di bagian dada kirinya.

"Al yang bawa, dia tertidur, pingsan, dia kena setir mobil di dada kirinya, menabrak," ucap pentolan Dewa 19 ini.

Mabuk?

Ahmad Dhani dan Al Ghazali (Nurwahyunan/Bintang.com)

Ahmad Dhani pun membantah kabar yang menyebutkan putranya mengalami kecelakaan akibat mengemudi dalam keadaan mabuk. "Ah, isu itu," kilahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpin Upacara Hari Ikada, Anies Ingatkan Soliditas Pemimpin dan Rakyat

Posted: 18 Sep 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-73 tahun di Lapangan Monas Jakarta, Rabu (19/9/2018). Dalam sambutannya, Anies bercerita tentang rapat raksasa yang digelar sebulan pascaproklamasi kemerdekaan itu.

Anies mengatakan, saat peristiwa Ikada terjadi rakyat Indonesia yang didominasi warga Jakarta berkumpul di Monas mendorong segera dilakukan pemindahan kekuasaan. Anies menuturkan peristiwa itu memiliki dampak yang luar biasa hingga kini.

"Karena proklamasi yang pada pendeklarasiannya dihadiri hanya oleh beberapa ratus orang, sering dianggap sebagai keputusan kaum elite, bukan dianggap sebagai sikap seluruh rakyat," ujar Anies.

Menurut dia, peristiwa itu menjadi bukti adanya soliditas antara pemimpin dan rakyat. Dia mengajak agar para pemimpin di jajarannya, yakni Pemprov DKI, agar selalu bekerja untuk rakyat tanpa membeda-bedakan strata sosial mereka.

"Ini sebuah pesan bahwa ada soliditas antara pemimpin, para deretan kaum pengambil keputusan, dengan rakyat kebanyakan," ucap Anies.

 

Jangan Berlainan Jalan

"Jangan sampai pemimpin kemudian rakyat itu dalam posisi yang tidak sejalan, tidak bersama. Ini adalah komitmen untuk mengingatkan kita semua," sambung Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Situs BKN Tumbang Jelang Pendaftaran CPNS 2018

Posted: 18 Sep 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon pendaftar CPNS 2018 bisa langsung melihat berbagai formasi dan instansi yang membuka lowongan. Untuk mendaftar PNS, CPNS bisa login melalui portal SSCN BKN pada pukul 13.00 WIB, hari ini, Rabu (19/9/2018).

Info lebih lanjut dapat dilihat di portal BKN dengan alamat www.bkn.go.id. Namun sayangnya, situs web tersebut eror dengan tulisan "502 Bad Gateway".

502 Bad Gateway adalah indikasi sistem sebuah situs sedang eror. Hal ini umumnya terjadi karena terlalu besarnya request yang masuk, sehingga server yang dimiliki oleh sebuah situs mengalami overload. Situs akhirnya tumbang karena tidak mampu menangani banyaknya request.

Mengutip laman PC Support, selain masalah ketidakmampuan server (peladen) untuk menangani request, 502 Bad Gateway juga dapat terjadi bila terdapat kesalahan pengaturan pada file konfigurasi .htaccess yang disediakan oleh web server Apache.

Tim Tekno Liputan6.com telah mencoba menghubungi pihak BKN, tapi hingga berita ini naik belum ada jawaban. 

Memfasilitasi Pendaftaran Seleksi CPNS

Kenapa harus daftar CPNS 2018? Ya, kenapa nggak? (Liputan6.com)

Sebelumnya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) ‎Mohammad Ridwan‎ mengatakan,‎ portal ini ‎akan memfasilitasi pendaftaran seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018, pada 19 September 2018.‎

"Dalam awal pembukaan portal SSCN ini, pelamar dipersilakan mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN," ujar ‎dia di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Sementara jadwal waktu pendaftaran, kata Ridwan, akan segera disampaikan kepada masyarakat setelah BKN menerima data formasi lengkap dari kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang membuka rekrutmen CPNS 2018.

 

Pendaftar Diwajibkan Unggah Swafoto

Peserta tes CPNS Kemenkumham Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

Proses pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil 2018 atau CPNS 2018 akan segera dibuka pada hari ini. Berbagai terobosan baru coba diterapkan dalam proses perekrutan kali ini. Salah satunya, kewajiban mengunggah berkas foto dalam bentuk swafoto atau selfie.

Berdasarkan informasi dari BKN terkait tata cara pendaftaran CPNS 2018, calon pendaftar pertama diharuskan untuk membuat akun di portal sscn.bkn.go.id untuk dapat mengikuti proses tes.

Selanjutnya, pendaftar akan diajak untuk mengisi berbagai kelengkapan, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, password, dan menjawab pertanyaan pengaman.

Lalu, pelamar juga diminta untuk mengunggah pas foto berukuran minimal 120 Kilobyte (Kb) atau maksimal 200 Kb. Setelah semua tahapan itu selesai, calon peserta seleksi CPNS akan menerima kartu informasi akun dan bisa mencetaknya.

Setelah memiliki akun pribadi dan kembali masuk ke portal sscn.bkn.go.id, pendaftar langsung dihadapkan dengan kewajiban untuk mengunggah foto diri dengan memperlihatkan KTP dan kartu informasi akun yang sudah dicetak untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Setelah melalui proses itu, kemudian pendaftar diarahkan untuk melengkapi biodata pribadi, serta memilih instansi, jenis formasi dan jabatan yang hendak diambil. Terdapat satu ketentuan, yakni pelamar hanya dapat memilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan saja dalam seleksi CPNS 2018 ini.

Sebelum mengirimkan seluruh data yang telah terisi, BKN juga mengingatkan agar pelamar kembali memastikan bahwa segala isian serta pilihan instansi, formasi dan jabatan telah tepat, lantaran itu semua tidak bisa diubah dengan alasan apapun bila sudah dikirim. Jika sudah yakin, pendaftar dapat menekan tombol "Simpan" dan "Kirim".

Bila rangkaian tahapan tersebut telah dilalui, pelamar pun bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 untuk kemudian dibawa saat mengikuti proses seleksi CPNS 2018.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ada Jemaah Haji Khusus Belum Dipulangkan dari Arab Saudi

Posted: 18 Sep 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jadwal pemulangan jemaah haji khusus sudah selesai beberapa waktu lalu. Namun, masih ada yang terpaksa berada di Tanah Suci untuk menjalani perawatan medis. Saat ini, tercatat terdapat tiga orang yang berada di Rumah Sakit Arab Saudi, seperti dikutip dari laman www.haji.kemenag.go.id, Rabu (19/9/2018).

Kepala Seksi Pengawasan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Zakaria Anshori mengatakan, ketiga jemaah tersebut kini dalam perawatan di sejumlah Rumah Sakit di Kota Madinah. Ia pun merinci mereka.

"Tiga jemaah yang masih dirawat adalah Sariati Niti Sare Mustofa (58) dari PT Mabruri. Beliau masih dirawat di RS Al Anshor. Lalu yang kedua Abdul Rasyid Sir (69) yang merupakan jemaah dari PT Madani Bina Bersama. Abdul Rasyid dirawat di RS Madinatul Hujjaj Madinah," ujar Zakaria.

Jemaah haji khusus terakhir yang masih dirawat, ucap dia, adalah Daeng Baba Baso (76) dari PT Penata Rihlah yang dirawat di RS Ohud.

"Ada pula yang dirawat di RS Makkah atas nama Dewi Tirtowati (72). Dia dari PT AL Anshor Madinah Barokah dirawat di RS Malik Abdul Aziz Zahir," ucap Zakaria.

Sementara, kata dia, jemaah yang sudah dipulangkan bernama Sandiyo Atmo Taruna. Ia dipulangkan setelah menjalani perawatan RS Al Anshar Madinah dan RS Ohud, Sandiyo dipulangkan ke Indonesia melalui Bandara Madinah pada Senin, 17 September 2018.

Berdasarkan laporan Seksi Pengawasan PIHK, jemaah haji khusus yang berangkat 2018 sebanyak 16.840 orang.

Sampai dengan akhir pemulangan, telah kembali ke Tanah Air sebanyak 16.815 orang. Sedangkan jemaah wafat dilaporkan 21 orang, dirawat di RS Madinah 3 dan RS Makkah 1 orang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakak Tiri Meghan Markle Sindir Keras Pangeran Harry Saat Ultah

Posted: 18 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, London - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tentu menjadi royal wedding yang menyedot perhatian banyak orang. Meski berstatus sebagai artis, Meghan Markle bukan dari kalangan bangsawan.

Resmi menjadi pasangan suami istri, Pangeran Harry dan Meghan Markle pun menjalani hari-harinya dengan mesra dan romantis. Namun sayang, ada saja masalah yang timbul dan mengganggu kebahagiaan mereka.

Itu semua gara-gara drama keluarga Meghan Markle yang tak kunjung selesai hingga sekarang. Setelah ayahnya yang bernama Thomas Markle, kini giliran kakak tirinya yang menjadi sorotan publik dan media. Ada apa?

Dilansir dari Metro, akhir pekan lalu, kakak tiri Meghan Markle yang bernama Samantha Markle menuliskan sebuah twit kontroversial. Lewat akun Twitter-nya, Samantha menuliskan ucapan selamat ulang tahun untuk Pangeran Harry yang baru genap 34 tahun.

Sindiran Pedas

Pangeran Harry dan Meghan Markle (Steve Parsons  POOL  AFP)

Ternyata ucapan tersebut berujung pada sebuah sindiran pedas. "Happy birthday Harry! Sambil kamu menghabiskan kue ulang tahunmu, pikirkan tentang ucapan selamat ulang tahun yang tak pernah kamu sampaikan pada ayah mertuamu."

Bukan yang Pertama

Meghan Markle (DOMINIC LIPINSKI  POOL  AFP)

Di saat yang bersamaan, Samantha juga mengunggah sebuah GIF yang berisi gambar seekor hamster yang sedang asyik mengunyah kue. Tak pelak hal ini berhasil memancing perhatian warganet.

Ini bukan kali pertama Samantha menuliskan twit pedasnya untuk British Royal Family. Saat Meghan merayakan ulang tahunnya pada Agustus lalu, wanita berusia 53 tahun ini juga sempat memberikan ucapan selamat.

"Happy birthday Meg! Tentu sangat manis dan pantas jika kamu mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun untuk AYAH 18 Juli lalu. @KensingtonRoyal Cheers!" tulis Samantha berusaha mengungkapkan rasa kecewanya. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City Vs Olympique Lyon: Tuan Rumah Jadi Favorit

Posted: 18 Sep 2018 09:16 PM PDT

- Manchester City akan berhadapan dengan Olympique Lyon pada laga Grup F Liga Champions. Laga tersebut berlangsung di Etihad Stadium dan The Citizens difavoritkan bisa mengamankan tiga poin.

Manchester City akan memulai kiprahnya pada Liga Champions 2018-19 dengan menjamu Lyon. The Citizens difavoritkan memenangi laga karena memiliki skuat yang lebih mumpuni.

The Citizens masih tanpa Kevin De Bruyne yang menjalani proses pemulihan cedera. Namun, Manchester City tetap memiliki lini tengah yang solid. Kehadiran Bernardo Silva dinilai mampu menyeimbangkan permainan City.

Di lini depan, Gabriel Jesus diharapkan bisa langsung menyumbang gol di Liga Champions. Leroy Sane dan Raheem Sterling diandalkan untuk mengoyak pertahanan Lyon lewat sisi lapangan.

Sayangnya, The Citizens tidak akan didampingi Pep Guardiola yang menjalani hukuman. Sanksi itu didapat setelah Guardiola diusir wasit pada Liga Champions musim kemarin, ketika Manchester City kalah dari Liverpool.

Mikel Arteta yang merupakan asisten Guardiola mengaku siap mengambil alih. Guardiola masih akan mendampingi timnya di tribun.

Sementara itu, Lyon memulai musim 2018-19 dengan hasil yang kurang baik. Lyon baru meraih dua kemenangan dari lima laga Ligue 1 yang sudah dijalani.

Nabil Fekir akan menjadi pusat perhatian karena performanya yang ditunggu pendukung Lyon. Pemain yang hampir bergabung dengan Liverpool itu memiliki peluang untuk menjadi pemain kunci Lyon pada laga nanti.

Kedua klub belum pernah bertemu sebelumnya. Karena itu, pertemuan nanti diprediksi akan berjalan menarik.

Manchester City memiliki kenangan buruk ketika menghadapi klub asal Prancis. Kali terakhir bertemu dengan klub Prancis, yaitu pada babak 16 besar Liga Champions 2016-17, The Citizens tersingkir oleh AS Monaco.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City: Ederson Moraes; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Danilo; Bernardo Silva, Fernandinho, David Silva; Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Leroy Sane

Manajer: Pep Guardiola

Olympique Lyon: Anthony Lopes; Rafael da Silva, Marcelo, Jason Denayer, Ferland Mendy; Lucas Tousart, Tanguy Ndombele Alvaro; Bertrand Traore, Nabil Fekir, Houssem Aouar; Moussa Dembele

Pelatih: Bruno Genesio

Lima laga terakhir Manchester City

  • 12/08/2018 Arsenal 0-2 Manchester City (Premier League)
  • 19/08/2018 Manchester City 6-1 Huddersfield Town (Premier League)
  • 25/08/2018 Wolverhampton 1-1 Manchester City (Premier League)
  • 01/09/2018 Manchester City 2-1 Newcastle United (Premier League)
  • 15/09/2018 Manchester City 3-0 Fulham (Premier League)

Lima laga terakhir Olympique Lyon

  • 12/08/2018 Olympique Lyon 2-0 Amiens SC (Ligue 1)
  • 18/08/2018 Reims 1-0 Olympique Lyon (Ligue 1)
  • 25/08/2018 Olympique Lyon 2-0 Strasbourg (Ligue 1)
  • 01/09/2018 Olympique Lyon 0-1 Nice (Ligue 1)
  • 15/09/2018 Caen 2-2 Olympique Lyon (Ligue 1)

Persentase Kemenangan Bola.com:

Manchester City 60-40 Olympique Lyon

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jamu AS Roma, Pelatih Real Madrid Siapkan Opsi Tanpa Ronaldo

Posted: 18 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Julen Lopetegui siap untuk menerima tekanan dan mencoba membawa Real Madrid meraih trofi Liga Champions keempat berturut-turut. Los Blancos akan mencoba mempertahanan mahkota Eropa melawan AS Roma pada laga pembuka Grup G, Kamis dini hari nanti (20/9/2018).

Lopetegui mengambil alih Real Madrid setelah kepergian Zinedine Zidane. "Ini membuat saya merasa bangga, bertanggung jawab dan sangat bersemangat tentang kompetisi yang saya tidak perlu menjelaskan apa artinya bagi kami dan apa arti Real Madrid bagi Liga Champions," kata Lopetegui pada konferensi pers.

"Anda hanya bisa berharapi kepada para pemain dan pelatih mereka (untuk memenangkan tiga trofi Liga Champions berturut-turut)," kata pria yang pernah melatih Timnas Spanyol ini.

"Sekarang saya akan masuk ke setiap kompetisi dengan keinginan, antusiasme, dan keyakinan bahwa kami akan menang. Itu normal bahwa ada tekanan di Real Madrid," ujar Lopetegui.

Opsi Terbaik

Pelatih Real Madrid, Julen Lopetegui, memberi arahan kepada Karim Benzema saat melawan Manchester United pada laga ICC 2018 di Miami Gardens, Rabu (1/8/2018). Manchester United menang 2-1 atas Real Madrid. (AP/Brynn Anderson)

Namun, Lopetegui mengisyaratkan dia bisa saja menyegarkan timnya untuk pertandingan Eropa ini. Ia sadar akan tantangan di lini depan.

"Kami punya banyak kedalaman di ruang ganti. Kami memiliki banyak pertandingan yang akan datang, jadi kami akan mencari opsi terbaik untuk setiap pertandingan, "kata Lopetegui.

Bukan Kebetulan

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, menyesali kegagalan timnya mengalahkan Athletic Bilbao. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Sementara itu, kapten Real Madrid, Sergio Ramos, menjelaskan situasi timnya. Ia mengaku saat ini muncul kepercayaan diri yang tinggi di dalam skuat.

"Kami harus mempertahankan gelar dan itu selalu sedikit lebih motivasi ketika finalnya di Madrid, rumah lawan seperti Atletico," kata Ramos.

"Kami selalu bersaing, yakin kami bisa memenangkan Liga Champions. Itu adalah kehormatan dan tanggung jawab, yang ditunjukkan oleh tim ini," kata Ramos.

"Tiga kemenangan Liga Champions tidak secara kebetulan. Tetap ambisius untuk menang juga yang menjadikan kami klub terbaik di dunia."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS Umumkan Penerimaan CPNS 2018, Cek Sekarang!

Posted: 18 Sep 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pengumuman terkait Selesksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di instansi mereka. Terdapat 317 formasi dan pendaftaran akan dibuka pada 26 September 2018.

Dikutip dari laman BPS, Rabu (19/9/2018), posisi yang disediakan BPS untuk 278 orang formasi umum, 32 orang formasi putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude). Sementara, ada tujuh orang formasi untuk penyandang disabilitas.

Jumlah formasi tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 73 tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Badan Pusat Statistik Tahun Anggaran 2018.

Berikut jabatan yang diperlukan di BPS, serta kualifikasi pendidikan dan jumlah posisinya.

1. Penata Laporan Keuangan

Kualifikasi: D-III Akuntansi

Alokasi: 1 (umum)

2. Apoteker Ahli Pertama

Kualifikasi: Apoteker

Alokasi: 1 (umum)

3. Asisten Apoteker Terampil

Kualifikas: D-III Farmasi

Alokasi: 1 (umum)

4. Dokter Ahli Pertama

Kualifikasi: Dokter Umum

Alokasi: 1 (umum)

5. Perawat Gigi Terampil

Kualifikasi: D-III Perawat Gigi

Alokasi: 1 (umum)

6. Perawat Terampil

Kualifikasi: D-III Perawat

Alokasi: 2 (umum)

7. Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Pertama

Kualifikasi: S1 Hukum

Alokasi: 1 (umum) dan 1 (cumlaude)

8. Arsiparis Ahli Pertama

Kualifikasi: S1 Kearsipan

Alokasi: 2 (umum)

9. Arsiparis Terampil

Kualifikasi: D-III Kearsipan

Alokasi: 2 (umum)

10. Statistisi Ahli Pertama

Kualifikasi: S-1/D-IV Statistik/Statistika

Alokasi: 266 (umum); 31 (cumlaude); 7 (penyandang disabilitas)

Tata Cara Pendaftaran

Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (7/5). Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 mencapai 5,06%.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tata cara pendaftarannya adalah melalui website sscn.bkn.go.id, dan dimulai pada 26 September 2018 sampai 9 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Daftar di SSCN dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/NIK pada Kartu Kelaurga (KK) dan Nomor KK/NIK Kepala Keluarga.

2. Pelamar wajib:

a. Mendaftar online dan mengisi biodata yang dibutuhkan, serta mengunggah pas foto berlatar merah berukuran 3x4 (portrait).

b. Cetak dan tanda tangan kartu informasi akun

c. Mengunggah dokumen persyaratan.

3. Dokumen persyaratan terdiri dari:

a. Surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala Badan Pusat Statistik di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam.

b. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

c. Ijazah dan transkrip terakhir yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang. Bagi pelamar lulusan luar negeri wajib menyertakan Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

d. Foto diri dengan menunjukkan KTP dan kartu informasi akun.

e. Surat Tanda Registrasi Dokter yang masih berlaku bagi calon pelamar formasi dokter ahli pertama.

f. Surat Tanda Registrasi Apoteker yang masih berlaku bagi calon pelamar formasi Apoteker Ahli Pertama.

g. Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian yang masih berlaku bagi calon pelamar formasi Asisten Apoteker Terampil.

h. Surat Tanda Registrasi Perawat yang masih berlaku bagi calon pelamar formasi Perawat Terampil.

i. Surat Tanda Registrasi Perawat Gigi yang masih berlaku bagi calon pelamar formasi Perawat Gigi Terampil.

j. Surat keterangan dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesma yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya bagi calon pelamar dari penyandang disabilitas, dan ditandatangani oleh dokter pemerintah.

k. Surat keterangan akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi bagi calon pelamar cumlaude.

l. Penyeteraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bagi calon pelamar cumlaude dan lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Tata Cara Selanjutnya

Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (7/5). Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 mencapai 5,06%.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

4. Calon pelamar penyandang disabilitas wajib melakukan verifikasi fisik di BPS Provinsi/Kabupaten/Kota yang sesuai alamat domisili pada 11 atau 12 Oktober 2018

5. Calon pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui situs: https:sscn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 16 Oktober 2018.

Jadwal Seleksi

Buat kamu yang masih berharap bisa masuk CPNS, pemerintah akan buka pendaftaran CPNS 2018 lho. (Foto: Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berikut rangkaian seleksi CPNS BPS tahun anggaran 2018. Ada catatan jadwal akan berubah sewaktu-waktu, namun berikut jadwal resmi saat ini:

1. Pengumuman: 19 September

2. Pendaftaran online: 26 September - 9 Oktober

3. Verifikasi peserta formasi penyandang disabilitas: 11 - 12 Oktober

4. Cetak nomor ujian secara online: 16 Oktober

5. Pengumuman seleksi administrasi: 16 Oktober

6. Seleksi kompetensi dasar (CAT): 23 Oktober - 22 November

7. Pengumuman seleksi kompetensi dasar: 23 Oktober - 22 November

8. Seleksi kompetensi bidang (CAT): 23 Oktober - 22 November

9. Seleksi kompetensi bidang melalui wawancara: 23 Oktober - 22 November

10. Pengumuman kelulusan akhir online: 1 Desember 2018

11. Pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir: 1 - 28 Desember

Penempatan Formasi

Panitia seleksi CPNS Kanwil Kemenkumham Bengkulu sedang melakukan verifikasi berkas yang masuk melalui kantor Pos Bengkulu (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Mayoritas posisi ditempatkan di pusat. Untuk Statistisi Ahli Pertama dialokasikan untuk beberapa provinsi, yaitu:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3 Sumatera Barat

4. Riau

5. Jambi

6. Sumatera Selatan

7. Bengkulu

8. Lampung

9. Kepulauan Bangka Belitung

10. Kepulauan Riau

11. Nusa Tenggara Barat

12. Nusa Tenggara Timur

13. Kalimantan Barat

14. Kalimantan Tengah

15. Kalimantan Selatan

16. Kalimantan Timur

17. Sulawesi Utara

18. Sulawesi Tengah

19. Sulawesi Selatan

20. Sulawesi Tenggara

21. Gorontalo

22. Sulawesi Barat

23. Maluku

24. Maluku Utara

25. Papua Barat

26. Papua

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar BPJS Gelar Dinner Mewah Berujung Laporan Polisi

Posted: 18 Sep 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris, melaporkan akun instagram yang dituding menyebar berita bohong yang menyebut lembaga tersebut menggelar makam malam mewah di sebuah hotel di Jakarta.

"Hal ini terpaksa kita lakukan tak lain untuk mengedukasi masyarakat agar tidak terjebak dalam penyebaran informasi yang salah, menghasut dan memprovokasi, mencemarkan nama baik dan menyebarkan berita bohong," kata Fachmi Idris dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (19/9/2018).

Laporan tersebut dilayangkan kuasa hukum BPJS Kesehatan La Ode Haris dan dihadiri langsung Fachmi Idris di Bareskrim, Selasa (19/9/2018).

Ada dua akun instagram yang dilaporkan BPJS Kesehatan, yaitu @ikrarbirri dan @anisadestya. Pasal yang dilaporkan adalah dugaan pencemaran nama baik Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Fachmi menambahkan, ujaran kebencian ini bisa meresahkan masyarakat. Dia berharap ke depan masyarakat dapat menjadi pengguna media sosial yang baik, dalam hal memberikan masukan yang konstruktif disalurkan secara santun, diperkaya dengan data, dan melalui kanal-kanal serta cara yang baik dan efektif.

"Kami sangat terbuka pada masukan konstruktif dari semua pihak. Namun apabila penyampaiannya tidak sesuai dengan fakta sebenarnya, dapat menimbulkan persepsi negatif di masyarakat hal ini sangat disayangkan. Perbanyak croscheck, cover all side atau pemeriksaan menyeluruh akan informasi diharapkan menjadi pegangan dalam mengonsumsi informasi," imbau Fachmi.

 

Foto Agenda Makan

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris saat menjadi Pembicara Program acara Liputan6.com

Adapun akun yag dilaporkan tersebut memuat sebuah foto yang agenda hotel yang bertuliskan 'Event's Today BPJS Dinner'.

Foto itu lalu ditautkan dengan akun resmi Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Capres Prabowo Subianto.

BPJS Kesehatan laporkan dua akun instagram karena dituding sebar berita bohong (Istimewa)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cakupan Imunisasi MR di Luar Jawa Masih Rendah, Sosialisasi Perlu Digencarkan

Posted: 18 Sep 2018 09:11 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Memasuki minggu ketiga September 2018, cakupan imunisasi Measless Rubella (MR) di beberapa provinsi di luar Pulau Jawa masih rendah. Bahkan, Aceh punya cakupan terendah dengan 4,94 persen per 10 September 2018, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI.

Untuk mendorong masyarakat, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyampaikan, sosialisasi tetap diberikan agar masyarakat mau imunisasi MR.

"Sosialisasi MR tidak dilakukan dari Sabang sampai Merauke juga, tapi utamanya fokus pada tempat-tempat yang cakupan MR-nya rendah," ungkap Menkes Nila usai acara dalam acara "Menguak Jalan Panjang Fatwa MUI tentang Vaksin MR" di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Jakarta, ditulis Rabu (19/9/2018).

Baca terkait: Ma'ruf Amin: MUI Dukung Kemenkes Imunisasi MR Bersifat Darurat

Provinsi yang cakupan rendah imunisasi MR, yakni Riau (18,92 persen), Sumatera Barat (21,11 persen), Nusa Tenggara Barat (20,37 persen), Bangka Belitung (26,45 persen), Kalimantan Selatan (28,31 persen), Sumatera Utara (29,53 persen), dan Kepulauan Riau (34,50 persen).

Sosialisasi yang dilakukan berupa upaya mengedukasi masyarakat soal imunisasi MR. Pemerintah memberi mereka pengertian bahwa imunisasi MR itu boleh dilakukan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Langsung pergi ke lokasi

Sosialisasi dilakukan secara langsung di daerah yang masih rendah cakupan imunisasi MR. (Foto: Batamnews/Yogi)

Dalam upaya pemberian sosialisasi, khususnya pada daerah yang masih rendah cakupan imunisasi, Menkes Nika setuju dengan anjuran Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin.

"Anjuran Pak Kyai (Ma'ruf Amin) tadi, kita harus pergi ke sana (daerah yang cakupan imunisasi MR rendah). Tentunya, memberikan infromasi dan pengertian kepada masyarakat soal pentingngya imunisasi MR (yang mencegah campak dan rubella)," Menkes Nila melanjutkan.

Upaya sosialisasi ini juga perlu dilakukan bersama MUI (dalam hal ini MUI Daerah). Ma'ruf mengatakan MUI mendukung penuh sukseskan imunisasi MR di 28 provinsi di luar Pulau Jawa, yang tengah berlangsung pada Agustus-September 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Delegasi International Council of Woman Diajak Beraktivitas di Pedesaan Yogyakarta

Posted: 18 Sep 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Magelang Delegasi International Council of Woman (ICW) baru saja menggelar rapat sidang ke-35 di Yogyakarta, pada 13-19 September 2018. Mereka merupakan anggota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki misi pemberdayaan perempuan dunia.

Setelah rapat sidang selesai, mereka akan disambut oleh Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dengan kegiatan seru bersama warga desa. Mereka akan mengikuti aktivitas laiknya warga pedesaan. Mereka akan diajak membatik dan diajarkan memasak beberapa kuliner khas masyakarat di sana.

 

"Delegasi ini akan berkunjung ke Balkondes di kawasan destinasi Candi Borobudur. Berada di sana akan menjadi experience terbaik. Sebab, ada banyak hal yang bisa dinikmati oleh delegasi usai sidang ke-35," ujar Wakil Ketua Palaksana III Bidang Substansi dan Komunikasi Panitia BUMN, Pramasaleh Hario Utomo, Senin (17/9/2018).

Mengedapankan filosofi back to nature, para delegasi akan melakukan penanaman pohon. Pramasaleh mengatakan, nuansa tradisional pedesaan akan ditonjolkan dalam setiap agenda delegasi.

"Semua akan dikondisikan sedekat mungkin aktivitas masyarakat. Delegasi akan dibangunkan Subuh, seperti warga desa pada umumnya. Delegasi juga akan diajak menikmati berbagai aktivitas masyarakat desa di sana. Mereka bahkan akan ikut di dalamnya," kata dia.

Aktivitasl lain yang akan mereka lakukan pun cukup banyak. Usai tur keliling beberapa Balkondes, para delegasi akan diajak menikmati gala dinner di Balkondes Ngadirejo, Magelang. Melengkapi suasana desa, delegasi akan mendapat sajian menu tradisional.

"Para delegasi ini akan menginap semalam. Mereka juga akan menikmati berbagai keindahan di desa-desa sekitar Borobudur. Lalu, ada juga gala dinner. Acara makan-makan ini akan menonjolkan kuliner tradisional. Menu pedesaan akan dikolaborasikan dengan menu modern," ucap Pramasaleh.

Dengan konsep Experience Homestay Balkondes, para delegasi akan diajak menikmati suasana pedesaan. Mereka akan diajak menginap di 20 homestay. Dengan dukungan multi-BUMN, Balkondes total memiliki 240 kamar. Selain delegasi asing, kamar juga disediakan untuk awak media.

"Balkondes ini di-support oleh banyak BUMN. Mereka banyak membangun infrastruktur karena bagian dari program CSR. Yang jelas, fasilitas di sini terbaik dan layanannya prima. Semua yang diberikan itu yang terbaik. Sebab, semua diawasi Patra Jasa. Pokoknya standar hotel bintang lima," kata Pramasaleh.

Lebih lanjut, Balkondes juga dilengkapi fasilitas internet terbaik. Telekomunikasi dihadirkan dalam format 3G dan 4G. Fasilitas WiFi gratis juga diberikan kepada pengunjung. Beberapa spot bahkan sudah menggunakan CCTV. 

"Nuansanya tradisional, tapi pengelolaannya modern. Program go digital diterapkan melalui digital, seperti laporan keuangannya. Mereka juga sudah go online melalui promosi produknya. Selain media sosial, beberapa operator dilibatkan. Ada Agoda, Traveloka, juga Booking.com," ujar Pramasaleh.

 

Apresiasi pun diberikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Ia mengaku senang melihat Balkondes sudah memberikan dampak positif perekonomian ke masyarakat setempat.

"Role model, pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan potensi masyarakat. Ini yang akan kita tunjukkan kepada mereka. Semoga bisa menjadi role model di Indonesia dan dunia," ucapnya.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libas Tottenham Jadi Pembuktian Karakter Inter Milan

Posted: 18 Sep 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Winger Ivan Perisic sangat senang usai mampu membawa Inter Milan menang atas Tottenham Hotspur. Sebab, Perisic menilai bahwa para pemain Inter telah memberikan segala kemampuan terbaiknya.

Inter Milan berjumpa Tottenham pada laga perdana penyisihan grup Liga Champions. Bermain di kandang sendiri pada Selasa (18/9) malam WIB, Inter harus butuh gol pada menit ke-90 untuk bisa memastikan raihan kemenangan di laga ini.

Inter Milan sempat tertinggal dari gol Christian Eriksesn pada menit ke-53. Namun, Inter mampu membalikkan skor di lima menit akhir babak kedua. Mauro Icardi mencetak gol menit ke-85 yang kemudian disusul oleh gol Mathias Vecino di menit 90.

Kemenangan dramatis tersebut dinilai oleh Perisic terjadi karena Inter mampu menunjukkan karakternya. Para pemain tampil dengan kemampuan terbaiknya dan berjuang hingga menit akhir. Perisic pun angkat topi atas hal tersebut.

 

Berikan Segalanya

Sebelum meraih tiga poin atas Tottenham, Inter sejatinya berada dalam tekanan. Sebab, pasukan Luciano Spalletti baru saja menelan kekalahan ketika berjumpa Parma di laga Serie A akhir pekan lalu. Tapi, Inter rupanya mampu bangkit saat jumpa Spurs.

"Ini kemenangan yang sangat penting. Kami tahu jadwalnya memang sulit dan kami bisa melakukannya dengan gemilang. Kami berjuang hingga akhir dan membuktikan karakter kami," ucap Perisic pada Sky Sports.

"Kami telah memberikan segalanya dan pada akhirnya kami mendapatkan imbalan berupa kemenangan," sambung pemain asal Kroasia tersebut.

Bagi sebagian pemain Inter, laga kontra Spurs merupakan debutnya di ajang Liga Champions. Sementara, Perisic pun sudah cukup lama tak bermain di Liga Champions. Perisic pun berharap hasil ini tak membuat pemain jumawa.

"Ini adalah debut Liga Champions bagi beberapa pemain kami dan itu tentu saja tidak mudah. Saya sudah enam musim absen. Kami mendapatkan tiga poin, tapi kami harus fokus menjalani setiap laga," tandas Perisic.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Platform MEB Memegang Masa Depan Volkswagen, Mengapa?

Posted: 18 Sep 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Wolfsburg - Elektrifikasi merupakan strategi penting Volkswagen Group. Salah satu buktinya adalah dengan kehadiran platform MEB. Nantinya, konstruksi terbaru ini bakal menjadi basis semua mobil listrik VW. Keran informasi dibuka tentang berbagai peranti pendukung kendaraan listrik. Yang terpenting soal MEB sendiri atau modular electric drive matrix, yang diklaim menjadi kunci teknologi elektrifikasi mereka.

Transisi menuju e-mobility yang dilakukan VW, memang terlihat paling konsisten dan penuh komitmen. Perusahaan Jerman ini pun sekaligus meluncurkan kampanye "Electric For All", yang maksudnya memperkenalkan mobil-mobil listrik terjangkau agar dapat dimiliki siapa saja.

Seperti sudah diwartakan sebelumnya, VW punya lini mobil listrik yang disebut Volkswagen ID. Produksi seri pertama dirakit di Zwickau, Jerman, akhir 2019. Produk ID pertama kemungkinan berjenis hatchback lima-pintu. Harganya digadang setara Volkswagen Golf dan sudah dijual sebelum 2019 berakhir.

Kembali ke platform MEB. Merupakan akronim dari bahasa Jerman yang artinya "Modular Electric Toolkit". Adalah platform teknologi yang dikembangkan spesifik untuk kendaraan listrik. Investasi yang digelontorkan tak main-main, mencapai 6 miliar euro atau setara Rp 10 triliun. Karena menyangkut banyak hal, mulai dari membangun pabrik dan fasilitas lain.

Pabrik Zwickau di Jerman, bakal menjadi pabrik pertama yang murni merakit mobil listrik di Eropa. Selain itu, disiapkan pabrik baterai di Braunschweig yang mampu membuat 500 ribu pak baterai tiap tahun. Sementara fasilitas pembuatan rotor dan motor elektrik di Salzgitter dan Kassel, turut masuk dalam perincian investasi sebesar 1,2 miliar euro.

 

Selanjutnya

Pihak VW mengatakan, bakal mengoptimalkan penggunaan seluruh sumber daya yang ada untuk mengembangkan mobil listrik dalam skala masif. Direncanakan, 10 juta kendaraan yang tergabung dalam VW Group menggunakan platform MEB. Dengan kata lain, MEB tidak hanya menjadi tulang punggung VW Group sisi teknologi saja, sektor bisnis pun juga.

Diharapkan 27 model listrik yang memakai platform MEB sudah dijual pada 2022. Tidak hanya brand VW, juga dari SEAT, Audi dan Skoda. Itu belum termasuk platform SPE yang dikembangkan Porsche untuk mobil sport listrik. Targetnya hampir 80 mobil listrik dari semua merek beredar di 2025.

Dalam siaran pers resmi, VW menjelaskan, mobil listrik mereka memiliki pengendalian yang tetap bagus karena platform MEB memungkinkan menaruh baterai di lantai. Imbas positif lain, luas kabin tetap terjaga tanpa perlu mengorbankan tempat. Pengisi baterai juga memiliki proses fast-charging. Ini juga diperkenalkan oleh VW dengan nama Wallbox. Pengisian hingga 80 persen hanya butuh 30 menit saja, tak beda dengan metode di smartphone. Belum ada keterangan mengenai daya jelajah yang bisa dijangkau oleh daya baterai, namun pihak pabrikan memberi bocoran sekitar 400 km.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:WOW: Mobil Mengambang Dengan Pendanaan Gotong Royong]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Rahasia Keberhasilan Bandara Ngurah Rai Raih Predikat Terbaik di Dunia

Posted: 18 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar Bandara I Gusti Ngurah Rai menyabet tiga penghargaan sekaligus untuk tingkat dunia. Penghargaan itu diberikan lantaran Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki pelayanan nomor wahid kelas dunia.

Co General Manager Bandara Ngurah Rai, Sigit Herdiyanto menjelaskan, ada tiga penghargaan yang didapat Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pertama adalah peringkat pertama bandara terbaik di dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun.

Kemudian, peringkat kedua bandara terbaik di Asia Pasifik berpenumpang di atas 2 juta orang per tahun. Ketiga, bandara terbaik di Asia Pasifik kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun.

"Penilaiannya menggunakan sistem skoring dari 1-5. Bandara I Gusti Ngurah Rai mendapat nilai 4,99," ujar Sigit di Kuta, Selasa, 18 September 2018. Penghargaan itu sendiri diberikan oleh Airport Council International (ACI) dalam rangka Airport Service Quality (ASQ).

Mengambil tempat di Halifax, Nova Scotia, Kanada, Sigit menerima penghargaan yang diberikan oleh Direktur Jenderal ACI World, Angela Gittens.

Adapun, beberapa penilaian yang menjadi unggulan pada penilaian ASQ Awards 2017 adalah ruang tunggu yang nyaman, petugas service yakni customer service officer maupun Guest Relations Officer (GRO) yang dengan sigap melayani.

Selain itu, tingkat keamanan yang sangat tinggi dari airport security serta kenyamanan fasilitas parkir mobil yang tersedia di multi level car park serta ambience airport termasuk commercial area yang berstandar bandara kelas dunia juga tak luput menjadi bagian penting dari penilaian pada ajang tersebut.

Sigit menuturkan, penghargaan itu tak membuat Bandara I Gusti Ngurah Rai jumawa. Sebaliknya, Sigit mengaku semakin terpacu untuk terus meningkatkan kenyamanan para penumpang yang menggunakan jasa Bandara Ngurah Rai.

 

Peningkatan Mutu Layanan Terus Dilakukan

Bandara I Ngurah Rai Bali (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

"Komitmen perbaikan secara terus menerus yang dilakukan dalam meningkatkan level of service terhadap pengguna jasa Bandara I Gusti Ngurah Rai. Beberapa di antaranya adalah diselenggarakannya berbagai macam kegiatan hiburan di ruang tunggu keberangkatan penumpang pada saat penyelenggaraan thematic event," ujarnya.

"Petugas customer service juga mendapatkan pelatihan Bahasa Mandarin dasar untuk membantu penumpang dalam berdialog, di mana saat ini kunjungan wisatawan mancanegara melalui Bandara Ngurah Rai didominasi turis asal Tiongkok," Sigit menambahkan.

Untuk mempertahankan layanan dan meningkatkan layanan yang sudah dicapai pada tahun lalu, banyak inovasi pelayanan yang dilakukan pada tahun ini. Hal itu di antaranya adalah penambahan mesin autogate keimigrasian, mesin body scanner dan juga smartlane X-Ray pada area pemeriksaan screening check point di terminal internasional.

"Untuk kecepatan proses check-in disediakan mesin self check-in service yang memudahkan penumpang tanpa harus mengantre," ujar Sigit.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih dari 5 Juta Anak di Yaman Berisiko Terserang Kelaparan Akut

Posted: 18 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Sana'a - Lembaga pemerhati hak anak-anak Save the Children memperingatkan bahwa sekitar lima juta bocah di Yaman berisiko terserang kelaparan akut.

Meningkatnya harga kebutuhan pokok dan turunnya nilai mata uang Yaman akibat dari konflik, disebut memperlebar risiko keluarga mengalami rawan pangan.

Tetapi ancaman kelaparan yang lebih riskan justru datang dari pertempuran di sekitar kota pelabuhan utama Hudaydah, yang merupakan titik masuk bagi sebagian besar bantuan ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Rabu (19/9/2018).

Pasokan dasar yang tiba melalui pelabuhan tersebut diperlukan untuk mencegah kelaparan dan terulangnya epidemi kolera, yang mempengaruhi lebih dari satu juta orang di sana, pada tahun lalu.

Yaman telah hancur oleh konflik yang terus terjadi sejak awal 2015, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar wilayah barat negara itu, dan membuat Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi melarikan diri ke luar negeri.

Belum selesai konflik mendera, Arab Saudi berserta beberapa negara Timur Tengah lainnya yang mendukung, melakukan invasi terhadap kelompok-kelompok yang diduga sebagai perwakilan Iran di Yaman.

Dengan dalih membantu memulihkan pemerintahan Yaman, kehadiran Arab Saudi dan sekutunya justru memberi beban lebih terhadap kekacauan yang telah terjadi di sana, tulis salah satu bagian dari laporan Save the Children.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Ekonomi Yaman Terpuruk

Dua orang wanita berjalan melewati puing-puing gedung yang runtuh di kompleks kepresidenan, di Sanaa, Yaman (7/5). Jet tempur koalisi yang dipimpin Arab Saudi melancarkan serangan udara ke istana kepresidenan Yaman. (AP Photo/Hani Mohammed)

Sementara itu, laporan Save the Children juga menyebut perang telah menyebabkan keterlambatan dalam membayar gaji guru dan pegawai negeri. Bahkan, beberapa dari mereka tidak menerima upah selama hampir dua tahun.

Bersamaan dengannya, nilai mata uang riyal Yaman dilaporkan mengalami kemerosotan hingga mendekati 180 persen dari nilainya selama periode yang sama.

Awal bulan ini, mata uang tersebut mencapai nilai terendah dalam sejarah, sehingga menempatkan beban lebih lanjut pada ekonomi rakyat setempat.

"Perang ini berisiko membunuh seluruh generasi, orang tua dan anak-anak Yaman, yang menghadapi berbagai ancaman, mulai dari bom, kelaparan, hingga penyakit yang seharusnya dapat dicegah seperti kolera," kata kepala eksekutif Save the Children International, Helle Thorning-Schmidt.

Hingga Agustus 2018, Save the Children mengatakan telah merawat hampir 400.000 anak di bawah usia lima tahun karena kekurangan gizi.

Selain itu, lembaga tersebut mencatat sejauh 2018 ini, diperkirakan ada lebih dari 36.000 anak berisiko meninggal sebelum akhir tahun.

Menambahkan data dari laporan PBB, hampir 10.000 orang --dua pertiga dari mereka warga sipil-- telah tewas dan 55.000 lainnya terluka dalam pertempuran di Yaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susunan Batu di Tangerang Ini Dipercaya Berusia Ratusan Tahun dan Bertuah

Posted: 18 Sep 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Susunan batu mirip bata yang terlihat biasa ternyata dianggap bertuah dan dipercaya memiliki usia ratusan tahun. Tak ayal, banyak pendatang yang sudah bertahun-tahun mencari peruntungan dan kesembuhan di hadapan batu yang berada di belakang kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Selama ini, warga menyebutnya "batu di tengah sawah" yang biasa dijadikan pemujaan minta rejeki sampai minta kesembuhan penyakit. Untuk sampai ke batu bertuah tersebut, warga bisa mengaksesnya melalui belakang kantor Kecamatan Pinang. Tinggal bertanya saja, mau melihat batu di tengah sawah, warga setempat hingga pegawai kecamatan akan tahu letak batu tersebut.

Ketika dihampiri, masih ada sisa beberapa lidi dupa yang hampir terbakar habis tertancap di tanah gersang, persis di bawah kaki batu tersebut. Di sekelilingnya ada dua porsi bubur nasi, tiga butir telor ayam kampung, tumpukan daun sirih, tumpukan buah pinang, kapur sirih, rokok, hingga segelas kopi hitam.

Sesaji tersebut berada di bawah persis susunan batu yang menyerupai batu bata yang dikeraskan dengan tanah liat. Yang mencolok adalah tingginya bisa mencapai 170 cm dengan lebar 60 cm.

Ada beberapa tumpukan batu yang berjatuhan, lalu mengeras bersatu dengan tanah. Sayangnya saat ke sana, persawahan tengah kering dan gersang. Menurut warga, bila lagi musim hujan dan sekeliling sawah lagi hijau, batu bertuah itu akan terlihat cantik seperti di candi-candi di Bali.

Meski tampak indah dan seperti tumpukan batu bata, menurut Namad (54), salah seorang warga setempat, batu tersebut sudah ada dari sebelum dia lahir, bahkan dari awal penjajahan Belanda.

"Itu sudah ada dari zamannya neneknya nenek saya masih hidup, uyut-lah ya. Jadi warga sini enggak ada yang tahu asal muasal batu tersebut bagaimana," ujarnya, Selasa (18/9/2018).

Meski begitu, warga setempat percaya, kalau batu tersebut bertuah atau memiliki wasiat dari kerajaan Islam masih berjaya di Indonesia. Makanya, banyak warga yang berdatangan untuk mencari keuntungan dengan cara memberi sajen.

"Ada saja kalau malam, beriringan pakai lilin jalan ke tengah sawah. Lalu mereka berdoa, memohon berkah, ninggalin sajian," ujar Namad.

Ada juga warga yang percaya, lumut yang nempel di batu tersebut untuk pengobatan penyakit asma, batuk. Makanya, ketika musim hujan lalu lumut bertempelan, banyak warga yang berburu lumut tersebut.

"Yang percaya memiliki khasiat atau peruntungan itu rata-rata orang luar, kami warga sekitar hanya percaya lumut yang menempel itu mengandung khasiat, itu saja," tuturnya. 

Penampakan Pria Bersorban

Susunan batu mirip batu bata yang terlihat biasa, ternyata dianggap bertuah dan dipercaya memiliki usia ratusan tahun,di belakang kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Sementara itu, menurut Sidih (40), seorang warga lainnya mengaku sering melihat lelaki tua, berpunduk sorban putih di kepalanya, menampakkan diri mengelilingi batu tersebut.

"Waktu itu tahun lalu, sekitar jam 7 malam saya duduk di sini (belakang rumah arah ke batu sawah), tiba-tiba dia muncul dan jalan pelan ke arah batu itu," kata Sidih.

Lalu pria tua tersebut berdiam diri cukup lama dan menghilang. Dia percaya, jika pria tua yang dipercaya penunggu batu bertuah tersebut muncul, maka akan ada kejadian setelahnya.

Benar saja, jam 8 malamnya, puluhan orang yang tengah melaksanakan kegiatan di kantor kecamatan mengalami kesurupan massal. "Mungkin dia enggak suka kalau ada orang yang berbuat onar atau tidak senonoh," ujar Sidih

Pengalaman itu bukan pertama yang dia lihat, sebab awal tahun 2000-an pria tua berpunduk sorban putih juga terlihat muncul. Maka, saat itu dia tidak akan melihat ke arah wajah pria itu, Sidih mengaku hanya akan tertunduk.

"Saya percaya, dia akan menampakkan diri kepada siapa yang dikehendakinya. Jadi kalau sudah dipertemukan gitu malah saya yang enggak berani natap," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PS Tira Vs PSM: Tuan Rumah Habis-habisan

Posted: 18 Sep 2018 09:00 PM PDT

Jakarta PS Tiraakan menjamu PSM Makassar pada pekan ke-22 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (19/9/2018). Tuan rumah sedang bergairah usai meraih tiga poin di markas Persebaya Surabaya.

Pelatih PS Tira, Nilmaizar, menjelaskan timnya sudah siap untuk menghadapi pertandingan melawan PSM. Terlebih, torehan tiga angka bisa membuat PS Tira keluar dari zona degradasi.

"Kami sudah siapkan semua untuk melawan mereka. Pemain sudah siap untuk pertandingan kali ini," kata Nilmaizar.

PS Tira sudah mengintensifkan beberapa pembenahan jelang laga menjamu tim besutan Robert Alberts tersebut.

Nilmaizar juga mengisyaratkan bakal meminta kepada anak asuhnya untuk bermain menekan dan mencetak gol cepat. Tujuannya, agar pemain bisa merasa nyaman seusai mencetak gol cepat.

"Namun, PSM tim yang bagus. Kami harus bekerja keras sepanjang pertandingan nanti," ungkap mantan pelatih Semen Padang itu.

Di sisi lain, PSM datang ke Bantul dalam kondisi penuh tekanan. Tanpa kemenangan pada putaran kedua Liga 1 2018 membuat suporter gerah dengan kinerja Robert Alberts dan skuatnya.

Seusai ditahan Barito Putera 1-1 pada pekan ke-21, Kamis (13/9/2018), suporter PSM mengadang bus pemain yang hendak meninggalkan Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar. Suporter menuntut Juku Eja kembali ke jalur kemenangan.

Demo suporter ini disikapi Robert dengan meminta pemainnya lebih kerja keras dalam latihan. "Saya yakin semangat pemain terlecut untuk lebih optimal pada laga selanjutnya. Termasuk saat dijamu PS Tira," kata Robert.

PS Tira saat berlatih di lapangan milik Yogyakarta Independent School (YIS). (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

PSM Tanpa 3 Pilar

Namun, saat menghadapi PS Tira, PSM tak diperkuat tiga pilarnya, yakni Marc Klok (sanksi), Rasyid Bakri, dan M. Rahmat (cedera).

Robert mengaku tak risau dengan kondisi ini karena sejatinya, PSM memiliki kedalaman materi yang baik.

Sebagai pengganti Marc Klok misalnya, Robert bisa memainkan M. Arfan, gelandang muda energik yang sempat dipanggil pelatnas Timnas Indonesia U-23.

Pelatih asal Belanda itu bisa mendorong dua pemain senior, Hasim Kipuw atau Ardan Aras untuk mengisi kekosongan di lini tengah. Apalagi di lini ini, Robert tetap bisa memainkan Wiljan Pluim, pengatur serangan dan Rizky Pellu, yang saat ini menjadi pencetak gol terbanyak di PSM.

Sementara di posisi M. Rahmat sebagai penyerang sayap, Robert menyimpan sederet nama seperti Saldi dan Yusgiantoro. Di posisi ini, Robert bisa menugasi Ferdinand Sinaga dan Guy Junior untuk memainkan peran Rahmat.

Meski berbeda kasta di klasemen, Robert tanpa sungkan mengakui PS Tira punya potensi mengejutkan PSM. "Mereka baru saja mengalahkan Persebaya di Surabaya. PS Tira pun sempat menyulitkan PSM di Makassar," jelas Robert.

Robert menunjuk striker Aleksandar Rakic yang dinilainya sebagai pemain yang patut diwaspadai dari kubu PS Tira. "Dia pemain bagus. Buktinya, dia tiga kali menjebol gawang PSM di Makassar," ujar Robert.

Prakiraan Susunan Pemain

PS Tira (4-3-3): Syahrul Trisna (kiper); Abduh Lestaluhu, Radansyah Abu Bakar, Didik Wijayance, M Kasim Slamat (belakang), Ismi Hatue, Manahati Lestusen, Roni Sugeng (tengah); Dimas Drajat, Alexandar Rakic, Wawan Febriyanto (depan).

Pelatih: Nilmaizar

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Steve Paulle, Reva Adi Utama (belakang); M. Arfan, Rizki Pellu, Wiljan Pluim (tengah); Zulham Zamrun, Alessandro Ferreira Leonardo, Ferdinand Sinaga

Pelatih: Robert Alberts

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gantikan Galaxy J, Samsung Bakal Siapkan Galaxy M?

Posted: 18 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Samsung menyebut akan lebih fokus pada line up smartphone terjangkau, tetapi tetap hadir dengan teknologi-teknologi terbaru.

Sejumlah laporan pun menyoroti teknologi terbaru yang akan dihadirkan pada lini smartphone terjangkau Samsung dan strategi yang dilakukan perusahaan.

Salah satunya adalah kemungkinan menghentikan anggaran untuk lini Galaxy J dan menggantinya ke lini smartphone baru yakni Galaxy M.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Rabu (19/9/2018), laporan dari Korea Selatan mengklaim, Samsung akan menambahkan lebih banyak anggaran ke lini Galaxy A karena seri ini dianggap lebih premium ketimbang lini Galaxy J.

Perusahaan Korea Selatan, tampaknya akan mengandalkan popularitas seri Galaxy A untuk melihat lonjakan penjualan di segmen ini.

Kemungkinan, langkah ini akan membuat model Galaxy J dihapus secara bertahap. Samsung kemudian diperkirakan merilis seri baru bernama Galaxy M.

Lini ini nantinya akan menawarkan perangkat low-end sebagai bagian dari seri baru.

Sekadar diketahui, Samsung pertama kali menggunakan merek Galaxy M pada 2012 dan sekarang ada kemungkinan perusahaan akan menghidupkannya kembali untuk mengganti Galaxy On yang dijual di India dan Tiongkok.

 

Pangkas Margin Keuntungan untuk Pertahankan Dominasi

Tampilan Samsung Galaxy J8 dan Galaxy J6 (sumber: Samsung)

Samsung juga disebut-sebut akan memangkas margin keuntungannya untuk seri Galaxy M. Hal ini kemungkinan besar dilakukan untuk mempertahankan dominasinya di pasar India.

Sebagaimana diketahui, Samsung mendapat gempuran dari vendor smartphone Tiongkok di India.

Vendor Tiongkok menawarkan smartphone yang lebih murah dengan spesifikasi lebih tinggi.

Selain di India, strategi yang sama juga diharapkan bisa membantu Samsung meningkatkan pasar di Tiongkok dan Amerika Latin.

Samsung bertahap untuk membuat keuntungan yang hilang bisa kembali lagi berkat kehadiran Galaxy M serta penjualan lini Galaxy A yang lebih premium.

Bixby di Semua Smartphone Samsung

Samsung J6, image: Amazon India

Samsung mengumumkan pihaknya akan mengintegrasikan asisten cerdas Bixby ke seluruh perangkatnya pada 2020.

Bixby pertama kali diperkenalkan pada 2017, yakni pada flagship smartphone Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Dalam interview dengan Wall Street Journal sebagaimana dikutip dari Android Authority, Head Consumer Electronics Samsung Kim Hyun-suk mengonfirmasi hal tersebut.

Kim menyebutkan, perusahaan akan menghadirkan konektivitas internet dan asisten virtual (Bixby) ke semua produknya per 2020. Tujuannya, menurut Kim, untuk menciptakan ekosistem lewat aplikasi SmartThings.

Kim mengakui, upaya menghadirkan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) sebelumnya tidak berfungsi lantaran kurangnya kohesi dengan produk-produk yang dikirimnya. Samsung tidak ingin mengulang kesalahan tersebut dan kini semuanya akan berpusat pada AI.

Untuk diketahui, AI saat ini menjadi kata kunci baru yang banyak digunakan produsen dalam smartphone-nya.

Perusahaan Korea Selatan itu menilai, AI merupakan fokus perusahaan dalam bersaing melawan perusahaan-perusahaan teknologi asal Tiongkok dan Amerika Serikat.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Main di Kandang Sendiri, Liverpool Bungkam PSG 3-2

Posted: 18 Sep 2018 09:00 PM PDT

Striker Paris Saint-Germain (PSG), Edinson Cavani (kiri) berebut bola dengan bek Liverpool Trent Alexander-Arnold saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (Paul ELLIS/AFP)

Striker Paris Saint-Germain (PSG), Edinson Cavani (kiri) berebut bola dengan bek Liverpool Trent Alexander-Arnold saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (Paul ELLIS/AFP)

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kiri) berebut bola dengan striker Paris Saint-Germain (PSG) Neymar saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (AP Photo/Dave Thompson)

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kiri) berebut bola dengan striker Paris Saint-Germain (PSG) Neymar saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (AP Photo/Dave Thompson)

Gelandang Liverpool, James Milner (kiri) mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (AP Photo/Dave Thompson)

Gelandang Liverpool, James Milner (kiri) mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (AP Photo/Dave Thompson)

Striker Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe (tengah) mencetak gol ke gawang Liverpool saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (AP Photo/Dave Thompson)

Striker Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe (tengah) mencetak gol ke gawang Liverpool saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (AP Photo/Dave Thompson)

Pemain Liverpool merayakan gol James Milner ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (Paul ELLIS/AFP)

Pemain Liverpool merayakan gol James Milner ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) saat bertanding di Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (18/9). Liverpool membungkam PSG 3-2. (Paul ELLIS/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Berikan Penghargaan kepada 17 Stasiun Kereta

Posted: 18 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harbunas) 2018, Kementerian Perhubungan memberikan tiga jenis penghargaan kepada 17 stasiun kereta. Pemberian penghargaan ini sebagai upaya Kementerian Perhubungan dalam membangun semangat dan mendorong seluruh unit pelayanan di Kementerian Perhubungan dan peningkatan kualitas pelayanan publik di sektor transportasi kepada masyarakat pengguna jasa.

Acara digelar di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, pada Senin (17/8). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan didampingi PYMT Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT KAI, Apriyono Wedi Chresnanto kepada Kepala Stasiun penerima penghargaan.

Adapun 17 stasiun kereta yang mendapatkan penghargaan antara lain Stasiun Gambir yang mendapat penghargaan Prima Utama. Stasiun Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi dan Tanjungkarang yang mendapat penghargaan Prima Madya dan Stasiun Semarang Poncol, Medan, Kertapati yang mendapatkan penghargaan Prima Pratama.

"Perbaikan kualitas pelayanan publik akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan membangun kepuasan masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan transportasi terutama kereta api semakin baik " Ungkap Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.

Ia menambahkan bahwa PT KAI saat ini sangat fokus terhadap kualitas pelayanan, hal ini karena pola pikir PT KAI saat ini mulai berubah dari product oriented menjadi customer oriented. Saat ini ia juga terus meng-upgrade pelayanan melalui inovasi-inovasi agar memberikan nilai tambah dan kepuasan lebih bagi para pengguna jasa kereta api.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Terbengkalai, 6 Mahakarya Arsitektur Ini Tak Kunjung Diselesaikan

Posted: 18 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bangunan megah yang sudah rampung dan terselesaikan merupakan bagian dari karya seorang arsitek. Selain dicap salut oleh banyak orang, tentunya untuk membuat proses bangunan megah dan mengaggumkan butuh proses panjang.

Rancangan para arsitek ini misalnya sudah direncakan dengan matang. Namun karena tak kunjung diselesaikan akhirnya proyek terbengkalai dan hanya setengah jadi.

Artikel tentang 6 mahakarya arsitektur yang tak kunjung diselesaikan menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang rahasia pria berusia setengah abad yang tetap ganteng dan awet muda, menempati kedua terpopuler. Disusul dengan artikel ketiga terpopuler tentang 12 potret nyeleneh orang Indonesia pakai barang elektronik.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tak Kunjung Diselesaikan, 6 Mahakarya Arsitektur Ini Akhirnya Terbengkalai

Odditycentral.com

Beberapa bangunan megah di dunia ternyata strukturnya tidak rampung. Ada banyak penyebab terjadinya hal tersebut. Berikut deretan mahakarya arsitektur yang pembangunannya tak kunjung rampung.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Usia Setengah Abad, Pria Ganteng Ungkap Rahasia Bisa Awet Muda

Gaya hidup dan pola makan yang sehat merupakan kunci seseorang menjadi awet muda.

Sosok Chuando Tan sempat menjadi perbincangan publik. Pria asal Singapura itu disorot karena foto-fotonya beredar di jejaring sosial. Banyak warganet tak menyangka paras ganteng yang dimilikinya ternyata tak sesuai dengan usianya.

Pria ganteng itu kelahiran 1967, dan usianya kini menginjak 51 tahun. Namun tak disangka, meski usianya mencapai setengah abad, pria ini seolah-olah berusia 20-an.

Selengkapnya..

3. 12 Potret Nyeleneh Orang Indonesia Pakai Barang Elektronik

(Foto rangkuman dari berbagai sumber)

Barang-barang elektronik akan kehidupan kita menjadi lebih mudah dan praktis. Namun, tak semua orang rupanya mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Malahan tak sedikit orang justru punya ide kreatif plus nyeleneh saat menggunakan barang elektronik. Aksi mereka pun dibilang di luar dugaan dan mengundang keheranan publik.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini 12 aksi nyeleneh orang Indonesia yang kelewat kreatif saat pakai barang elektronik.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terungkap, Gunung Sindoro Ternyata Sengaja Dibakar

Posted: 18 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab terbakarnya hutan lindung Gunung Sindoro di Temanggung, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, kini telah ditemukan jawabannya.

Kebakaran yang menghanguskan ratusan hektare lahan hutan lindung tersebut, diketahui telah sengaja dibakar oleh seorang petani yang akan digunakan untuk membuka lahan pertanian baru. Berikut ini barang bukti yang direkam oleh video amatir petugas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penyebab Reino Barack Kecewa Berat dengan Luna Maya?

Posted: 18 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki akhir hubungan asmara Reino Barack dan Luna Maya akhirnya terjawab. Reino memastikan bahwa hubungan asmaranya dengan bintang film Cinta Silver ini telah berakhir.

Reino Barack memutuskan kisah cinta lima tahun yang dirajut bersama Luna Maya pada Agustus 2018 lalu. Dalam sebuah video wawancara dengan infotainment yang beredar di YouTube, Reino Barack mengungkapkan kekecewaannya terhadap Luna Maya.

"Setelah perjuangan dan durasi kita jalan sama-sama sudah lima tahun, ternyata hasilnya saya kurang sih. Saya dikecewakan sama dia. Saya sangat dikecewakan. Saya tidak mau ngomong panjang, apa, bagaimana, tapi intinya saya kecewa," ucap Reino Barack.

Sayangnya, Reino Barack enggan menyebut sikap apa yang dilakukan Luna Maya, sehingga membuatnya kecewa. Sebaliknya, ia balik meminta wartawan untuk bertanya langsung ke Luna Maya.

"Penyebabnya sih tidak bisa di point satu hal, karena banyak sekali. Kalau dari segi personality, awalnya tidak ada masalah, mungkin akhir-akhir saja sih kita ada bentrok sedikit," terangnya.

Pengakuan Luna Maya

Luna Maya dan Reino Barack (instagram/lunamaya)

Selain itu, beredar kabar Reino kecewa atas pengakuan Luna Maya di acara talkshow yang menyebutkan hubungannya tak direstui keluarga Reino Barack. Benarkah?

"Mungkin saya mendingan enggak ngomong deh, tanya langsung saja sama orangnya," ucap Reino Barack saat ditanya tentang penyebab putusnya.

Banyak Masalah

Luna Maya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Seperti diketahui, Luna Maya pernah membuat pengakuan mengejutkan saat tampil di acara talkshow yang dipandu Billy Syahputra. Ketika itu Luna Maya ditanya mengapa dirinya tak kunjung menikah dengan Reino Barack.

Mantan kekasih Ariel NOAH itu menyebut orangtua Reino Barack sulit untuk menerimanya sebagai menantu.

"Susah-lah Billy (Syahputra). Banyak-lah, gue kan banyak masalahnya. Susah untuk menerima gue. Masalahnya juga bukan di gue dan laki gue (Reino)," ucap Luna Maya kala itu. "Masalahnya kan di orangtua. Susah buat terima," imbuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: