Minggu, 23 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Isu Krusial yang Akan Dibahas dalam Sidang Majelis Umum PBB 2018

Posted: 23 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, New York - Selasa 25 September 2018 akan menjadi tanggal perhelatan Sidang Majelis Umum PBB (UNGA) di New York tahun ini, di mana perwakilan tinggi dari hampir 200 negara berkumpul untuk membahas masalah politik dan kebijakan paling penting yang mempengaruhi dunia sekarang.

Seperti dikutip dari Al Jazeera (24/9/2018), setidak-tidaknya ada lima topik krusial yang akan dibahas oleh para pemimpin dan perwakilan negara dunia dalam Sidang Majelis Umum PBB, yakni: isu seputar Rohingya, Suriah, Iran, Palestina, dan Korea Utara.

1. Rohingya

Sidang UNGA tahun ini dilaksanakan hanya beberapa pekan setelah Tim Pencari Fakta badan HAM PBB menyatakan bahwa militer Myanmar bertanggungjawab penuh atas tindak genosida terhadap kelompok etnis muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhine.

Laporan itu merekomendasikan bahwa kepemimpinan militer negara itu harus dituntut atas genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang yang dilakukan di Negara Bagian Rakhine tahun lalu, di mana sekitar 700.000 orang Rohingya dipaksa meninggalkan rumah mereka.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan bulan lalu bagi Myanmar untuk bertanggung jawab atas "salah satu krisis kemanusiaan dan hak asasi manusia terburuk di dunia".

Duta besar AS untuk PBB Nikki Haley menyerukan tindakan yang kuat dan segera terhadap kepemimpinan Myanmar, sementara duta besar China Wu Haitao telah mendesak pendekatan yang lebih lunak berdasarkan "bantuan konstruktif".

Pengadilan Pidana Internasional mengatakan mereka memiliki yurisdiksi untuk mengajukan dakwaan terhadap para pemimpin militer tetapi pemerintah negara itu telah menyangkal ini, dan menolak semua laporan PBB.

"Pertemuan para pemimpin di Majelis Umum di New York memiliki kesempatan emas untuk mengirim pesan yang kuat dan membuka jalan bagi keadilan bagi Rohingya dan untuk etnis minoritas yang diserang di Myanmar utara," kata Sherine Tadros, Kepala Perwakilan Amnesty International di Markas PBB New York.

"Negara harus melihat kebohongan dan penipuan Myanmar yang berulang, dan membangun mekanisme independen untuk mengumpulkan dan melestarikan bukti kejahatan di bawah hukum internasional sebelum terlambat."

 

Simak video pilihan berikut:

[vidio:KTT Iklim di PBB Dihadiri Leonardo DiCaprio]()

2. Suriah

Kendaraaan relawan White Helmets mencari korban di lokasi serangan militer di Provinsi Idlib, Suriah, Minggu, (7/1). Militer Suriah kehilangan Provinsi Idlib pada 2015 dan dikontrol oleh militan. (Syrian Civil Defense White Helmets via AP)

Beberapa bulan sebelum Sidang UNGA, dunia kembali menyaksikan eskalasi krisis kemanusiaan dan pertempuran akibat konflik menahun di Suriah.

PBB telah memperingatkan tentang meningkatnya fenomena pengungsi internal di Suriah ketika pasukan pemerintah maju untuk mengambil kembali petak-petak negara yang masih di bawah kendali kelompok-kelompok pemberontak.

Tentara Suriah, yang didukung oleh kekuatan udara Rusia, sedang melakukan operasi militer di provinsi utara Idlib --yang menampung tiga juta warga sipil-- saat UNGA 2018 berlangsung pekan ini.

PBB telah memperingatkan "bencana kemanusiaan terburuk" abad ini dapat terjadi. Para pejabat PBB telah meminta semua pihak untuk memastikan bahwa korban sipil dihindari, tetapi tidak ada tanda-tanda peringatan ini diperhatikan.

"Jika kita melihat tiga juta orang yang melarikan diri menuju ke perbatasan Turki, ini adalah skenario yang jauh lebih besar daripada kapasitas semua organisasi kemanusiaan disatukan," kata koordinator kemanusiaan regional PBB untuk krisis Suriah, Panos Moumtzis mengatakan pekan lalu.

Idlib diharapkan akan banyak dibahas melalui pertemuan tingkat tinggi di Majelis Umum tahun ini.

3. Badan PBB untuk Urusan Pengungsi Palestina

Anak-anak sekolah Palestina menerbangkan layangan dalam aksi solidaritas peringatan tujuh tahun gempa dan tsunami Jepang di Gaza, Selasa (13/3). Acara ini digagas oleh United Nations Relief and Works Agency (UNRWA). (SAID KHATIB/AFP)

Sidang Majelis Umum PBB tahun ini juga terjadi beberapa bulan setelah Amerika Serikat menghentikan donasi untuk Badan PBB Urusan Pengungsi Palestina (UNRWA), menyebabkan lembaga yang mengurus hampir 5 juta jiwa pengungsi Palestina itu mengalami defisit besar dana operasional.

UNRWA didirikan pada tahun 1949 setelah pengusiran orang-orang Palestina selama Nakba, dan telah menjadi lembaga tempat bagi jutaan orang-orang Palestina di Gaza, Tepi Barat, dan negara-negara tetangga seperti Yordania dan Suriah, menggantungkan hidupnya.

AS secara historis telah menjadi donor utama, tetapi sejak pemerintahan Presiden Donald Trump, pendanaan yang datang dari Washington menurun drastis.

Penasihat senior Trump, Jared Kushner menulis dalam email yang dibocorkan, bahwa UNRWA "korup, tidak efisien dan tidak membantu perdamaian" dan mengkritik dukungannya bagi hak pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah mereka.

Kerugian pun telah dirasakan oleh UNRWA dan para pengungsi Palestina. Organisasi itu telah mem-PHK 158 guru dan 194 pekerja kontrak. Pengoperasian banyak sekolah, rumah sakit dan fasilitas lainnya juga telah terancam.

Dewan Nasional Palestina telah meminta pemerintah di seluruh dunia untuk menggunakan Majelis Umum untuk menentang AS.

Turki telah melipatgandakan kontribusinya sejak AS mengakhiri dukungannya, tetapi PBB memerlukan lebih banyak dana, untuk mengatasi defisit badan itu yang mencapai sebesar US$ 217 juta.

"Jika kami tidak dapat memenuhi defisit ini pada akhir tahun, semua layanan UNRWA akan dipertaruhkan, apakah pendidikan, medis atau sosial," kata jurubicara UNRWA Huda Saeebi.

4. Iran

Ilustrasi Iran (AFP)

Presiden AS Donald Trump menggunakan pidato Majelis Umum pertamanya tahun lalu untuk menentang Iran, menyebut negara itu sebagai "kediktatoran yang korup" dan mengkritik Teheran karena memberikan dukungan bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Hezbollah.

Tampaknya tidak mungkin Trump akan menahan lidahnya tahun ini menyusul penarikan dramatisnya dari kesepakatan nuklir Iran (JCPOA 2015) pada bulan Mei. Retorika perseteruan terhadap Iran bisa membuat marah sekutu Eropa, yang bertekad untuk menyelamatkan perjanjian bersejarah itu.

Presiden Iran Hassan Rouhani akan muncul di New York, yang dengan sendirinya memprovokasi perdebatan di Iran. Kelompok garis keras di negara itu menyerukan agar Rouhani ikut menarik diri dari JCPOA sebagai protes terhadap langkah AS, namun di sisi lain, kelompok reformis mendesaknya untuk menyampaikan pesan perdamaian dan diplomasi.

"Orang-orang garis keras tidak menginginkan apa pun selain bagi Iran untuk menjadi lebih terisolasi secara internasional," kata Holly Dagres, peneliti non-tetap di Atlantic Council.

"Di sisi lain, mereka yang mencari kesepakatan dengan Barat, yakni para reformis dan pragmatis, percaya bahwa jika Rouhani tidak menghadiri Majelis Umum, itu akan merugikan kedudukan diplomatik Iran."

Dagres mengharapkan Rouhani akan mengulangi beberapa pernyataan masa lalunya di New York.

"Ini termasuk bagaimana Amerika Serikat menjadi lebih terisolasi karena kebijakan administrasi Trump ... dampak sanksi, dan klaim bahwa Iran adalah negara yang tangguh yang telah mengalami kondisi yang jauh lebih buruk. Rouhani juga akan fokus pada isu-isu regional termasuk bagaimana Tehran berjuang melawan ISIS di Irak dan Suriah."

Presiden Iran juga dapat mengharapkan kritik pedas dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang tahun lalu memperingatkan delegasi bahwa perluasan pengaruh Teheran di kawasan sangat berisiko mendestabilisasi Timur Tengah.

5. Korea Utara

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (dua kanan) dan sang istri Kim Jung-sook (kanan) foto bersama Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (dua kiri) dan sang istri Ri Sol Ju (kiri) di Gunung Paektu, Korea Utara, Kamis (20/9). (Pyongyang Press Corps Pool via AP)

Tahun ini, dunia telah melihat perkembangan besar di Semenanjung Korea, termasuk perjanjian perdamaian bersejarah antara Korea Utara dan Korea Selatan di Panmunjom pada bulan April 2018 dan pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura pada bulan Juni, di mana keduanya berjanji untuk bekerja menuju "denuklirisasi lengkap" Pyongyang.

Kesepakatan itu memang tak mendetail dan keberlanjutannya tidak dapat diprediksi sejak itu.

Pada bulan Agustus 2018, Trump membatalkan rencana perjalanan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Korea Utara dengan alasan kurangnya kemajuan menuju denuklirisasi.

"Perubahan nada dan suasana terkait isu Korea Utara akan berbeda 180 derajat dari tahun lalu," kata Mark Fitzpatrick, Direktur Eksekutif International Institute for Strategic Studies-Amercas.

Namun, pada tanggal 6 September, Trump mengunggah Twit antusias, "Kim Jong-un dari Korea Utara memproklamirkan 'iman yang teguh terhadap Presiden Trump'. Terima kasih kepada Kim Jong-un. Kami akan menyelesaikannya bersama!"

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, bertemu Kim pekan ini di Pyongyang, di mana keduanya berjanji untuk membawa perdamaian ke Semenanjung Korea.

"Cahaya hangat KTT Pyongyang antara Korea Utara dan Korea Selatan pasti akan berlanjut melalui Majelis Umum," kata Mark Fitzpatrick.

"Presiden Moon akan bertemu dengan Presiden Trump di New York dan berusaha membujuknya untuk menanggapi secara positif langkah-langkah yang digariskan di Pyongyang (mereferensikan pada KTT Kim Jong-un dan Moon Jae-in pekan lalu) ... untuk secara permanen menutup situs nuklir Yongbyon."

"Dengan kata lain, perubahan nada dan atmosfer mengenai masalah Korea Utara akan berbeda 180 derajat dari tahun lalu."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2018: Hantam Persija, Persib Mantap di Puncak

Posted: 23 Sep 2018 10:00 PM PDT

 

Jakarta - Persib Bandung makin nyaman di puncak klasemen Liga 1 2018. Ini terjadi lantaran mereka baru sukses menghantam Persija Jakarta di lanjutan liga yang disiarkan live dan eksklusif di Indosiar ini.

Persib sukses menang secara dramatis dengan skor 3-2 pada pekan ke-23 Liga 1, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018) petang.

Persib dan Persija saling berbalas gol hingga skor sementara menjadi 2-2. Ketika duel kedua tim diperkirakan berakhir imbang, Bojan Malisic muncul sebagai penentu kemenangan dengan golnya pada masa injury time babak kedua.

Kemenangan di hadapan publik sendiri membuat Persib mengoleksi 44 poin dari 23 pertandingan. Skuat asuhan Mario Gomez unggul enam poin dari PSM Makassar yang menempati posisi kedua klasemen Liga 1 2018.

Tim Juku Eja naik ke posisi tersebut setelah dalam waktu yang hampir bersamaan mengalahkan Sriwijaya FC 2-0, di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging. Tambahan tiga poin membuat PSM naik empat tingkat dari peringkat keenam ke posisi kedua.

PSM meraih kemenangan kedua beruntun di Liga 1 berkat gol yang dicetak Saldi pada menit ke-21 dan Wiljan Pluim (88'). Sedangkan bagi Sriwijaya FC, kekalahan ini membuat mereka belum beranjak dari zona papan bawah.

 

Berikut selengkapnya klasemen Liga 1 2018.

Klasemen Sementara Liga 1 2018

 

Hasil Pertandingan

Minggu (23/9/2018)

PSIS 4-2 Perseru

Bruno Silva 52' (pen), 60', Hari Nur Yulianto 56', Bayu Nugroho 87'; Alberto Antonio 11', Kunihiro Yamashita 74'

PSM 2-0 Sriwijaya

Saldi 21', Wiljan Pluim 88'

Persib 3-2 Persija

Ezechiel N'Douassel 29', Jonathan Baumann 60' (pen), Bojan Malisic 90+4'; Jaimerson Xavier 45+5', Rohit Chand 65'

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Kecelakaan, Maia Estianty Lebih Protektif pada Al Ghazali

Posted: 23 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, putra Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Al Ghazali, mengalami peristiwa nahas. Ia mengalami kecelakaan lalu lintas di kawasan Condet, Jakarta Timur.

Beruntung kondisinya tak terlalu parah, hingga tak perlu dilarikan ke rumah sakit. Hanya saja, kecelakaan itu membuat Maia Estianty begitu khawatir. Diutarakan Ahmad Dhani, kini mantan istrinya tersebut jauh lebih protektif dengan Al Ghazali.

"Iya Maia cukup protektif sejak jekadian itu. Karena kan enggak mau terulang lagi," ujar suami Mulan Jameela tersebut dalam tayangan infotainment, Minggu (23/9/2018).

Aktivitas Normal

Al Ghazali dan Bunda Maia Estianty. (Instagram @alghazali7)

Tak sampai satu minggu setelah kecelakaan, Al Ghazali sudah bisa beraktivitas normal. Kini, ia sedang berada di luar kota untuk menyelesaikan proyek pekerjaannya.

"Kondisinya sekarang sudah di Bali, lagi kerja, syuting iklan," papar Ahmad Dhani.

Alergi Obat

Al Ghazali

Lebih lanjut, menurut Ahmad Dhani, kecelakaan lalu linta itu terjadi karena putra sukungnya itu berada dalam kondisi tak sehat saat berkendara. Ia mengalami alergi pada obat.

"Jadi alergi obat itu cukup penyakit yang berta ya. Saya selalu bilang sama al untuk fokus pada penyakit itu," tandas Ahmad Dhani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suporter Persija yang Tewas Tidak Izin ke Keluarga

Posted: 23 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suporter Persija yang tewas saat menonton pertandingan Persija Vs Persib dimakamkan di Cirebon, Jawa Barat. Ternyata korban tidak berpamitan ke keluarga untuk menonton Persija.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klarifikasi Berita Viral Alat Penyedot Sumbatan untuk Pasien Jantung Koroner di RSCM

Posted: 23 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah berita viral tersebar di broadcast pesan singkat yang menyebut, RS Cipto Mangunkusumo Jakarta sudah mulai menggunakan alat penyedotan plug (sumbatan) di vena atau saluran darah ke jantung. Disebutkan juga bahwa operasi penanganan sumbatan, khususnya sumbatan pada pasien jantung koroner tidak menggunakan teknik ring atau bypass.

Ada juga laman video di Youtube yang menggambarkan soal alat penyedot sumbatan ke jantung. Melalui sambungan telepon, Health Liputan6.com pada Senin (24/9/2018) mengkonfirmasi kebenaran adanya berita viral alat penyedot plug ke HOTLINE Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) RSCM.

Disampaikan isu tersebut termasuk isu lama, yang menyeruak kembali. Metode yang digunakan untuk penanganan sumbatan pada pasien jantung koroner sampai sekarang, yakni masih menggunakan metode ring atau bypass.

Dalam rilis 'Klarifikasi Alat penyedot di RSCM' yang diterima Health Liputan6.com menyebut, alat penyedot sumbatan dalam video yang beredar memang ada.

Namun, Kepala PJT RSCM Eka Ginanjar dalam rilisnya menjelaskan, kurang mengetahui di mana alat penyedot sumbatan tersebut dapat ditemukan di Indonesia. Sayangnya, saat meng-klik situs Youtube yang dimaksud, video sudah tidak ada.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Penanganan penyempitan sumbatan

Cara penanganan penyempitan pembuluh darah pada pasien jantung koroner. (iStockphoto)

Klarifikasi PJT RSCM lewat rilis juga menjelaskan, penyakit Jantung Koroner (PJK) disebabkan penyempitan pembuluh darah arteri koroner, bukan vena. Penyempitan disebabkan oleh plak yang tumbuh di dinding pembuluh darah arteri koroner.

Plak akan menyumbat total atau sebagian pembuluh darah karena muncul trombus (gumpalan darah beku), yang terjadi pada kondisi serangan jantung. Saat pasien mengalami penyumbatan akibat adanya gumpalan darah beku tersebut, cara yang terbaik dilakukan primary PCI (percutaneous coronary intervention).

Cara ini berupa tindakan kateter untuk diagnostik mengetahui di mana dan bagaimana kondisi penyumbatan sambil diikuti terapi evakuasi gumpalan darah beku.

"Pada tindakan primary PCI, jika mendapatkan sumbatan total atau sebagian yang disebabkan trombus, tindakan awal yakni sedot trombus dulu. Alatnya bermacam-macam dengan mekanisme yang beragam," tulis Eka dalam rilisnya.

Setelah gumpalan darah beku hilang, pasien baru dibalon atau dipasang ring. Dalam kasus ini, pasien sering tidak perlu dibalon atau pasang ring bila gumpalan darah beku sudah terevakuasi bersih, tanpa menyisakan bekas atau tidak ada penyempitan yang disebabkan plak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Ganti Nama di Facebook

Posted: 23 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, Facebook kini telah menjadi salah satu platform media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia.

Bahkan, beberapa orang diantaranya menjadikan akun Facebook-nya dengan nama panggilan agar terkesan unik.

Tak heran, jika ada beberapa di antara mereka yang merasa bosan dengan nama panggilan, dan ingin mengubahnya menjadi nama asli di Facebook. Caranya tentu cukup mudah untuk dilakukan.

Nah, Tekno Liputan6.com kali ini akan memberikan langkah–langkah untuk mengganti nama Facebook  melalui desktop, sebagaimana dikutip dari CNET, Selasa (24/9/2018).

1. Cara pertama yang harus dilakukan adalah beranjak ke situs web Facebook

2. Lalu, buka menu drop-down, berbentuk ikon panah yang ada di sudut kanan atas

3. Kemudian, klik settings (pengaturan)

4. Pada direktori General, klik opsi tulisan name (nama)

5. Selanjutnya, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

6. Terakhir, klik "Review Change"

Perlu diketahui, selain bisa mengubah nama, kamu bisa juga menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang yang telah tersedia.

 

Via iOS dan Android

(ilustrasi/guim.co.uk)

Selain mengubah nama melalui desktop, ada cara alternatif lain yang dapat dilakukan melalui smartphone Android dan iOS. Berikut langkah–langkah yang dapat dicoba :

1. Buka aplikasi Facebook di smartphone

2. Kemudian, klik tombol menu yang berada di sudut kanan atas

3. Lalu, geser ke bawah sampai menemukan "Pengaturan & Privasi"

4. Klik "Pengaturan"

5. Selanjutnya, klik "Informasi Pribadi"

6. Pilih "Nama"

7. Kemudian, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

8. Dan terakhir, klik "Review Change"

Sama seperti desktop, kamu bisa menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

T-Shirt Gambar Mickey Mouse dari Brand Fashion Retail Asal Jepang

Posted: 23 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pecinta Disney tentu tidak sabar menantikan koleksi terbaru dari fashion retail asal Jepang, UT Love & Mickey Mouse Collection dari Kate Motoss. Koleksi yang merupakan kolaborasi Uniqlo dengan ilustrator asal Inggris sudah bisa Anda miliki dan temukan di semua toko Uniqlo.

Kolaborasi khusus dengan ilustrator dan desainer yang berbasis di London ini merupakan salah satu dari banyak kolaborasi unik dan menarik untuk koleksi Uniqlo T-Shirt (UT). Kate Moross merupakan direktur seni dan penggemar Disney yang setia membuatnya menerjemahkan gambar Mickey Mouse dengan apik dalam fashion Lifewear dari Uniqlo. Sebuah perpaduan yang menarik, t-shirt dengan gambar Mickey Mouse dengan material berteknologi terbaik.

Ilustrasi Kate Moross ini merupakan proyek global Uniqlo dengan perusaha Walt Disney yang menggabungkan fantasi, keajaiban, dan petualangan Disney dengan Lifewear. Koleksi Love & Mickey Mouse ini memberikan semua orang kegembiraan sepanjang tahun melalui berbagai variasi fashion yang unik.

 

Koleksi UT gambar Mickey Mouse

Koleksi yang menyenangkan dan unik ini terdiri dari delapan desain untuk wanita dan lima untuk anak-anak. Koleksi T-shirt dengan panjang tangan medium ini biasa Anda padu padankan dengan celana jeans, pantas, atau skirt. Koleksi ini sangat cocok untuk melengkapi penampilan kasual Anda.

 

Pilihan warna monokrom

Selain itu, juga dapat bergaya kembar dengan anak-anak Anda. Sehingga terlihat serasi berjalan bersama anak-anak dengan t-shirt Mickey Mouse yang senada. Kate Moross juga memberikan sentuhan tanda tangannya pada desain t-shirt ini. Warna-warna monokrom yang tersedia dalam koleksi ini menyempurnakan penampilan Anda yang dinamis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenperin Tawarkan Kawasan Industri Petrokimia Teluk Bintuni kepada Investor

Posted: 23 Sep 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi memperkenalkan sekaligus menawarkan kepada investor pengembangan Kawasan Industri Petrokimia, di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan Kabupaten Teluk Bintuni mempunyai prospek yang besar untuk berkembang sebagai wilayah industri karena memiliki sumber daya alam yang besar. 

"Wilayah Teluk Bintuni diperkirakan memiliki cadangan gas bumi sebesar 23,7 triliun kaki kubik (TCF). Pemerintah perlu memastikan pemanfaatan gas bumi tersebut diutamakan kepada pemenuhan kebutuhan domestik agar dapat menggerakan ekonomi di dalam negeri," kata dia dalam acara 'Market Sounding Pengembangan Kawasan Industri Petrokimia Teluk Bintuni', di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Dia menjelaskan, pada pengembangan awal, 50 hektar dari total 200 hektar lahan yang akan dibebaskan, dipergunakan untuk mengembangkan Anchor Industry dengan dukungan komitmen ketersediaan gas oleh BP Tangguh Tahap I sebesar 90 MMSCFD di tahun 2021 dan Tahap II sebesar 90 MMSCFD di tahun 2026 dengan jangka waktu masing-masing 20 tahun. 

"Sisa cadangan lahan digunakan untuk tahap III sebesar 176 MMSCFD dari Genting dan potensi industri lain yang bisa dikembangkan," jelas dia.

Lokasi Kawasan Industri Petrokimia direncanakan dibangun di Kampung Onar Baru, Distrik Sumuri, Teluk Bintuni. "Kami mengapresiasi pemerintah daerah yang telah membantu mensosialisasi kepada masyarakat adat di Distrik Sumuri sehingga kita mendapat dukungan penuh untuk mewujudkan pengembangan industri di Teluk Bintuni," kata dia. 

Pemerintah berharap Kawasan Industri Petrokimia di Teluk Bintuni akan berkembang seperti kawasan industri petrokimia yang sudah berkembang pesat saat ini. 

"Sebagai contoh, kawasan industri petrokimia di Bontang, Kalimantan Timur, yang merupakan klaster industri petrokimia pertama yang sudah berjalan lebih dari 30 tahun," ujar dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

Indonesia Masih Jadi Negara Favorit Investor Singapura

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Sebelumnya, Indonesia masih menjadi salah satu negara tujuan utama investasi bagi para pelaku usaha Singapura. Hal ini karena didukung oleh berbagai latar belakang, seperti peningkatan indeks kemudahan berbisnis (Ease of Doing Business/EoDB) potensi pasar yang besar, hingga membludaknya jumlah sumber daya manusia yang tersedia.

"Pemerintah telah bertekad untuk semakin menciptakan iklim bisnis yang kondusif, misalnya dengan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi, pemberian insentif fiskal, dan kemudahan dalam perizinan usaha," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto seusai bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Chan Chun Sing, dikutip Minggu 23 September 2018.

Menperin menambahkan, pemerintah juga telah meluncurkan peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai strategi dan arah yang jelas untuk kesiapan memasuki era revolusi industri generasi keempat.

"Melalui implementasi industri 4.0, kami meyakini dapat memacu daya saing industri agar lebih efisien, produktif, dan berkualitas," tuturnya.

Oleh karena itu, peningkatan kerja sama RI-Singapura diharapkan dapat saling menguntungkan dan melengkapi sehingga mampu memperkuat perekonomian kedua negara.

"Selama 50 tahun ini, hubungan bilateral telah terjalin dengan baik terutama melalui kolaborasi peningkatan volume perdagangan dan investasi," ujar Airlangga.

Pada semester I 2018, investasi Singapura ke Indonesia tercatat sebesar USD 5,04 miliar atau naik 38 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan sepanjang 2017, penanaman modal dari Negeri Singa mencapai USD 8,44 miliar.

Di samping itu, pada 2017, nilai ekspor non-migas Indonesia ke Singapura menembus hingga USD 9 miliar, yang menjadikan Negeri Singa sebagai tujuan terbesar kelima dalam pengapalan produk manufaktur nasional.

Menurut Airlangga, belakangan ini pihaknya aktif menarik investor Singapura ke Kawasan Industri Kendal (KIK), Jawa Tengah.

"Saat ini, kami sudah memiliki lebih dari 43 tenant di KIK. Selanjutnya, kami tengah memfokuskan untuk pengembangan Politeknik Furnitur di kawasan tersebut," ungkapnya.

Pembangunan KIK merupakan hasil kerjasama antara investor Indonesia dengan Singapura. Kawasan industri terintegrasi pertama di Jawa Tengah itu diproyeksikan menyerap potensi investasi sebesar Rp 200 triliun. Pada tahap pertama, lahan yang akan digarap seluas 1.000 hektare dengan target 300 tenant dan menyerap tenaga kerja sebanyak 500 ribu orang hingga 2025.

"Untuk menjadi kawasan industri terpadu, pengembangan KIK direncanakan sampai tiga tahap dengan total lahan seluas 2.700 hektare. Kawasan ini akan didukung dengan pengembangan zona industri, pelabuhan, fashion city, dan permukiman," paparnya.

Selain itu, menurut Menperin, kedua negara sepakat memperkuat kerja sama di bidang pendidikan kejuruan terutama untuk mengisi kebutuhan di sektor industri. "Guru dan dosen dari Indonesia telah dikirim untuk mengikuti program pelatihan vokasi di Singapura, seperti di bidang permesinan, pembangkit listrik, dan teknik otomasi industri," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya menyampaikan, potensi kolaborasi RI-Singapura ke depannya akan dijalin di bidang ekonomi digital seiring dengan bergulirnya era revolusi industri 4.0.

"Salah satu prioritasnya adalah pengembangan Nongsa Digital Park di Batam sebagai wujud konkret kesepakatan kedua Kepala Pemerintahan untuk menjadikan Batam sebagai digital bridge Singapura ke Indonesia," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Masih Nyaman

Posted: 23 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus masih nyaman di puncak klasemen sementara Liga Italia 2018-19. Bianconeri mengoleksi angka sempurna, 15 poin hasil dari lima laga yang sudah dijalani.

Tiga angka tambahan Juventus diperoleh usai mengalahkan Frosinone. Bertanding di Stadio Benito Stirpe, Senin (24/9/2019) dini hari WIB, Juvenus menang 2-0 lewat gol Cristiano Ronaldo dan Filippo Bernardeschi.

Akan tetapi, Juventus hanya unggul tiga poin dari Napoli yang menempati peringkat kedua. Di posisi berikutnya, ada Fiorentina dan Sassuolo yang sama-sama mengoleksi 10 poin.

Adapun zona degradasi dihuni oleh Bologna, Frosinone, serta Chievo. Nama terakhir bahkan memiliki poin minus satu. Hal ini bisa terjadi karena Chievo dihukum pengurangan poin karena manipulasi nilai transfer pemain.

Manipulasi itu dilakukan Chievo saat bertransaksi fiktif jual-beli pemain dengan Cesena yang kini berada di Serie D senilai 25 juta euro. Hal itu dilakukan Presiden Chievo Luca Campedelli untuk membuat kondisi keuangan klub menjadi sehat dan lolos verifikasi main di Serie A.

Klasemen Liga Italia Pekan ke-5

Klasemen Liga Italia 2018-19 pekan kelima. (soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Ayam Stabil, tapi Penjualan Menurun

Posted: 23 Sep 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging ayam dan telur di pasar tradisional terpantau stabil. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018), harga ayam tercatat Rp 35 ribu per kilogram (kg).

"Harga ayam stabil, ayam potong Rp 25 ribu per kg. Kalau yang per ekor Rp 35 ribu per kg," tutur Meni (57), salah satu pedagang ayam di Pasar Rumput.

Meski terbilang stabil, Meni mengeluhkan penjualan ayam yang tercatat turun pada hari ini. Umumnya, lanjut dia, Meni dapat menjual ayam sebanyak 200 ekor per hari.

"Biasanya sampai 200 ekor sehari, sekarang cuma 100 ekor, susah banget. Udah 10 harian. Mahal kita nombokin, tapi kalau murah enggak laku," ujarnya.

Pedagang ayam lain, Anung (48) turut menuturkan harga daging ayam turun. Permintaan untuk ayam fillet pun ikut merosot.

"Lagi naik turun harga ayam, enggak jelas. Ayam potong Rp 24 ribu - Rp 26 ribu. Yang per ekor itu Rp 32 ribu per kg. Ayam fillet yang biasanya 30 ekor per hari sekarang cuma setengahnya terjual," ungkapnya.

Dari sisi Anung menilai, situasi politik mempengaruhi pergerakan harga ayam. "Lagi ramai dan banyak isu politik, permintaan turun," kata dia.

 

Harga Telur Ayam

Penjual telur melayani pembeli di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (24/7). Harga telur ayam mengalami penurunan di angka Rp 26 ribu per kilo. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Beralih ke komoditas telur, harga telur saat ini terpantau normal di Pasar Rumput. Telur dibanderol seharga Rp 22 ribu per kg.

"Sudah dua minggu stabil harga telur. Seminggu ini sudah turun dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 22 ribu per kg. Jadi permintaan telur stabil, tandas Nur (28).

Sementara itu, untuk harga telur puyuh, Nur mematok harga di Rp 28 ribu per kg. Dan telur bebek Rp 2.000 per butir. Kedua jenis telur tersebut masih terbilang stabil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyesal Pernah Kenal, Gandhi Fernando Putuskan Jauhi Lucinta Luna

Posted: 23 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dari sekian banyak pria yang dekat dengan Lucinta Luna, sosok Gandhi Fernando cukup sering disebut. Pria 28 tahun itu juga selalu ada di belakang sensasi Lucinta Luna, termasuk saat mantan personel Duo Bunga itu mengaku hamil.

Namun keadaan kini justru berubah total. Gandhi Fernando memutuskan untuk menjauhi pelantun "Semalam Bobo Dimana" itu. Gandhi benar-benar ingin putus hubungan dengan Lucinta Luna.

Keputusan ini diumumkan sendiri oleh Gandhi Fernando melalui Instagram pribadinya. Bintang film Indera Malaikat itu mengaku menyesal sudah mengenal bahkan sempat membantu Lucinta Luna.

"Detox racun dari hidup gue. Nyesel gue dulu salah satu otak dibalik viralnya most bad influence person for this generation," ujar Gandhi Fernando di Instagram Stories-nya, Minggu (23/9/2018).

 

Simak video menarik di bawah ini:

Putus Hubungan

Lucinta Luna [foto: instagram/lucintaluna]

Gandhi Fernando bahkan mem-block akun Instagram Lucinta Luna. Padahal sebelumnya, Gandhi kerap pasang badan saat Lucinta Luna terlibat sensasi atau kontroversi.

"Saya sudah tidak mau respond any kind of drama di Instagram. Tapi KHUSUS yang ini semua followers saya perlu tau. Supaya saya tidak dikait2kan lagi sama kehaluan-kehaluan dia atau drama2 dia lagi," tegasnya.

Pertemanan Sehat

Gandhi Fernando (Foto: Telni Rusmitantri)

Keputusan Gandhi Fernando untuk menjauhi Lucinta Luna juga lantaran ia tidak ingin melulu hidup dikelilingi haters. Gandhi juga ingin memperbanyak teman yang memberikan dampak positif padanya.

"Semoga semua netizen bisa support saya kembali ke lingkaran teman2 yang lebih 'sehat'," Gandhi memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suporter Persija Tewas Dikeroyok, #RIPHaringga Menggema di Twitter

Posted: 23 Sep 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suporter Persija Jakarta, meninggal dunia akibat pengeroyokan jelang pertandingan dengan Persib Bandung pada Minggu, 23 September 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Jakmania yang menjadi korban bernama Haringga Sirila. Korban mengembuskan napas terakhir setelah dikeroyok di area parkir GBLA, kemarin siang.

Insiden pengeroyokan ini pun menyisakan duka mendalam bagi keluarga korban, sesama pendukung, dan tentunya bagi semua orang, tak terkecuali warganet.

Pertandingan sepak bola yang mestinya jadi ajang untuk bergembira justru menjadi menakutkan gara-gara insiden pengeroyokan ini.

Warganet berduka dan mengutuk keras aksi pengeroyokan Haringga. Hingga kini, tagar  #RIPHaringga pun memuncaki trending topic di lini masa Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (24/9/2018), selain mengungkapkan duka, warganet juga mengecam para pelaku yang tega menghabisi nyawa sesama hanya karena berbeda jagoan.

Pengguna dengan akun @Baekbletea mengucapkan dukacita. Dia juga berharap agar kasus seperti ini tidak terulang kembali dan kasus Haringga cepat diusut tuntas.

Ada juga pengguna Twitter yang menyebut apa yang dilakukan oleh para pengeroyok mirip dengan PKI.

Senada, pengguna dengan akun @sheilarahmi berharap agar kejadian pengeroyokan ini merupakan yang terakhir di dunia sepak bola.

Fanatisme Berujung Kematian

Suporter Persija, The Jakmania, melakukan aksi tabur bunga dan menyalakan lilin mengenang anggotnya Muhammad Fahreza, yang meninggal diduga akibat kekerasan di SUGBK, Jakarta, Senin (16/5/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pengguna dengan akun @hutan_pinus mengatakan, kejadian ini merupakan sebuah fanatisme dari suporter yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Suporter Persib, bobotoh, juga ikut kecewa dengan insiden berdarah ini. Ia mengajak agar semua pendukung bisa saling berdamai.

Kronologi Pengeroyokan

Suporter Persija, The Jakmania, melakukan aksi tabur bunga dan menyalakan lilin mengenang anggotnya Muhammad Fahreza, yang meninggal diduga akibat kekerasan di SUGBK, Jakarta, Senin (16/5/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Menurut keterangan polisi, korban bernama Haringga Sirila, berusia 23 tahun asal Cengkareng, Jakarta Barat. Korban meninggal akibat dikeroyok masa di area parkir GBLA pukul 13.00 WIB.

Polisi membeberkan kronologi peristiwa tersebut. Berikut rangkumannya:

-Menurut keterangan dari suporter yang berada di GBLA, pukul 13.00 WIB di luar stadion GBLA tepatnya di area parkir gerbang biru, ada satu orang yang dikejar oleh massa.

-Kerumunan orang tersebut berteriak bahwa orang yang dikejar adalah pendukung Persija Jakarta.

-Korban yang dikejar sempat meminta tolong kepada tukang bakso. Namun, kerumunan orang mengeroyok korban dengan menggunakan balok kayu, piring, botol dan benda-benda lainnya sehingga korban meninggal dunia.

 Kronologi Pengungkapan:

-Kejadian pengeroyokan tersebut direkam oleh salah satu suporter yang menyaksikan kejadian tersebut.

-Anggota Satreskrim Polrestabes Bandung yang melaksanakan pamtup di area GBLA mengambil video tersebut dan mengamati ciri-ciri para tersangka.

-Setelah mengamati ciri-ciri tersangka, anggota Satreskrim melaksanakan penyisiran dan mengamankan enam orang yang diduga tersangka dan satu orang sebagai saksi kunci.

Tindakan kepolisian:

-Polisi telah mendatangi dan melaksanakan olah TKP.

-Polisi mengamankan barang bukti di TKP ke Mako Satreskrim Polrestabes Bandung.

-Polisi menangkap enam orang yang diduga sebagai tersangka dan satu orang saksi untuk dilakukan pemeriksaan.

-Polisi membawa jenazah ke RS Sartika Asih untuk dilakukan autopsi.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asensio Tak Berharap Nomor Keramat Real Madrid

Posted: 23 Sep 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Marco Asensio disebut-sebut sosok pengganti yang pas untuk mengemban nomor tujuh selepas Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid. Tetapi sang pemain mengaku dirinya tidak pernah mendapatkan tawaran itu.

Ronaldo tidak hanya meninggalkan warisan prestasi ke Real Madrid, namun juga angka keramat tujuh. Nomor punggung itu sendiri memang terkenal karena sudah digunakan oleh pemain-pemain hebat seperti Raul Gonzales.

Setelah pemain asal Portugal itu pergi, berbagai isu mengenai pengguna nomor tujuh pun bermunculan. Asensio merupakan salah satu sosok yang tepat untuk melanjutkan warisan tersebut.

Sayangnya, harapan melihat pemain berumur 22 tahun itu mengenakan nomor keramat Real Madrid tidak menjadi kenyataan. Angka itu justru diberikan kepada penggawa anyar, Mariano Diaz, yang baru direkrut dari Lyon.

Masih Setia

Real Madrid mengalahkan Espanyol berkat gol tunggal Marco Asensio.  (AP Photo/Paul White)

Ia masih setia mengenakan angka 20 di punggungnya. Dan baru-baru ini, Asensio mengaku bahwa dirinya memang tidak pernah mendapatkan tawaran untuk menggunakan nomor tujuh dari klub.

"Mereka tidak menawari saya angka tujuh," ucap pemain timnas Spanyol itu kepada wartawan, dikutip dari Goal.

"Klub tidak pernah berbicara apapun kepada saya soal itu, dan saya tidak punya kesempatan untuk memutuskan," tambahnya.

Incar Nomor 10

Pelukan hangat Presiden Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarovic untuk Luka Modric usai final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, (15/7/2018). Meski Kroasia kalah Kolinda tetap tersenyum manis. (AP/Thanassis Stavrakis)

Tetapi, Asensio juga tak pernah berharap untuk mengenakan angka tujuh. Ia lebih senang jika berkesempatan untuk mengenakan angka 10 yang saat ini sedang digunakan oleh Luka Modric.

"Itu adalah angka yang selalu saya suka," tambahnya.

"Tetapi sekarang angka itu berada di tangan yang tepat. Di masa depan saya ingin mengenakannya," tutupnya.

Asensio baru-baru ini menjadi pahlawan kemenangan Los Merengues atas Espanyol dalam laga kontra Espanyol di La Liga hari Minggu (23/9) kemarin. Gol semata wayang yang ia ciptakan di menit ke-41 mengantar Madrid menang 1-0.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Kim Jong-un Melakukan Salam Cinta yang Populer di Budaya K-Pop

Posted: 23 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Pyongyang - Tren media sosial biasanya tidak terkait dengan diplomasi internasional, namun hal tersebut tidak menghentikan Kim Jong-un untuk meniru "salam cinta" yang populer di kalangan penggemar K-pop, julukan untuk budaya kontemporer Korea Selatan.

Salam cinta adalah isyarat menyilangkan jempol dan jari telunjuk menyerupai lambang hati, dan biasa dilakukan sebagai pose andalan untuk banyak foto yang diunggah warganet Korsel di media sosial.

Korea Herald melaporkan, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Senin (24/9/2018), Kim Jong-un terlihat meniru isyarat populer itu ketika berfoto dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di Gunung Paektu pada Jumat, 21 September 2018.

"Bagaimana Anda melakukannya? Saya tidak bisa membuat bentuknya (terlihat) bagus," kata Kim Jong-un, ketika dia berdiri di samping istrinya, Ri Sol-ju, yang mendorongnya melakukan salam cinta.

Pemimpin Korea Utara itu akhirnya berhasil membuat gerakan salam cinta, lapor Korea Herald, mengutip akun juru bicara kantor berita Korea Selatan Cheong Wa Dae, Kim Eui-kyeom.

Salam cinta --terkadang juga disebut jari bayi-- telah menjadi pose populer di Korea Selatan selama bertahun-tahun, sejak pertama kali muncul di berbagai acara televisi setempat pada 2010 silam.

Pose unik ini meraih popularitas luas di tingkat global, seiring kian populernya budaya K-pop, melalui musik, serial televisi, dan lain sebagainya.

Salah seorang blogger gaya hidup asal Hong Kong, Eva Chen, mengatakan di Pekan Mode Paris bulan Maret lalu, bahwa "Orang-orang di Korea tidak lagi melakukan salam (emoji) perdamaian, melainkan salam cinta".

Eva menambahkan, beberapa temannya yang berasal dari Korea Selatan mengatakan bahwa salam hati merupakan ekspresi cinta, syukur, niat baik dan gwiyeobda, yakni frasa untuk menilai sesuatu yang lucu atau menawan (mirip dengan istilah kawaii di Jepang).

Keikusertaan Kim Jong-un dalam menyampaikan salam cinta dalam pertemuan diplomatik kedua pemimpin negara Korea memicu tingginya pencarian gambar terkait di internet, dan bahkan sempat bertengger sebagai salah satu tren topik tertinggi di Twitter, dengan tanda pagar (tagar) #KimFingerHeart.

 

Simak video pilihan  berikut: 

 

Salam Cinta yang Fenomenal

Ilustrasi Korea Selatan (iStock)

Tren berpose salam cinta terkait dengan popularitas band-band K-pop yang semakin mengglobal, dan dipengaruhi oleh media sosial, seperti BTS dan Blackpink misalnya.

Salah seorang selebritas K-pop kenamaan, G-Dragon, mengklaim sebagai yang pertama menemukan gerakan salam cinta, melalui sebuah foto masa kecil yang diunggahnya di Instagram, pada Oktober 2016.

Dalam keterangannya, G-Dragon menulis: "Saya adalah salam cinta yang asli."

Tak lama kemudian, penegasannya ditantang oleh komedian Yang Se Hyung, yang memposting foto-foto masa kecilnya. "Hei, kamu. Saya adalah yang asli!"

Begitu fenomenalnya pose ini, bahkan sarung tangan resmi untuk Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, memiliki ujung jari yang relevan dengan warna merah, sehingga mencapai efek salam cinta yang maksimal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap Daftar, Surabaya Sediakan 442 Formasi CPNS 2018

Posted: 23 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 dengan total jumlah yang dibutuhkan sebanyak 442 formasi. Formasi yang dibutuhkan terdiri dari tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan tenaga honorer kategori II (K-II).

"Tenaga pendidikan sebanyak 344, tenaga kesehatan 49, tenaga teknis 32 dan tenaga honorer kategori II (K-II) sebanyak 17 orang," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya, Mia Santi Dewi, Rabu (19/9/2018).

Mia mengatakan, pendaftaran penerimaan CPNS di lingkungan Pemkot Surabaya akan dibuka selama 15 hari kerja, terhitung sejak hari ini. Bagi warga yang ingin mengetahui informasi tersebut, dapat membuka website http://surabaya.go.id.

"Kita hanya mengumumkan melalui situs ini saja, tidak ada yang lain," tegasnya.

Pendaftaran CPNS tahun 2018 akan dilakukan secara online melalui situs http://surabaya.go.id dan https://.sscn.bkn.go.id. Selanjutnya peserta mengikuti seleksi administrasi, kompetensi dasar, dan kompetensi bidang. Tes kompetensi dasar dan kompetensi bidang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"Rencananya pendaftaran dibuka tanggal 26 September 2018, tapi masih dirapatkan lagi untuk kepastian tanggalnya dengan Provinsi. Kami ingin pelaksaan CPNS di Jawa Timur serentak," ucap Mia.

Pemkot Surabaya sudah merencanakan persiapan tes CPNS dari sisi sarana dan prasarana. "Lokasinya ada di Gelanggang Olahraga 10 November dan jumlah komputer yang disediakan sebanyak 225 unit," ucapnya.

Mia menambahkan, formasi yang didapatkan Pemkot Surabaya untuk kategori tenaga honorer K-II adalah tenaga pendidikan atau guru. "Kebetulan Surabaya hanya mendapatkan formasi untuk tenaga pendidikan sebanyak 17 orang," ujar Mia.

Kendati demikian, Mia menegaskan bahwa tenaga K-II tetap bisa mengikuti tes CPNS melalui formasi umum dengan syarat usia max 35 tahun dan berijazah S-1 (max 3 November 2015). "Bisa dan boleh sepanjang memenuhi syarat dan kualifikasinya," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas U-16 Vs Vietnam di Piala AFC 2018: Bersiap Laga Sengit

Posted: 23 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas U-16 Indonesia siap kembali turun gelanggang di ajang Piala AFC U-16 2018, hari ini. Di laga kedua Grup C, Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam.

Lawan Vietnam, timnas U-16 dipastikan dalam kondisi percaya diri tinggi. Pasalnya, di laga pertama, Jumat (21/9/2018), Bagas Kaffa dan kawan-kawan sukses mengempaskan Iran 2-0.

Namun, tim asuhan Fakhri Hussaini ini juga tetap harus waspada. Pasalnya, Vietnam dipastikan berambisi bangkit usai di laga pertama ditekuk India 0-1.

Kekalahan dari India itu memang belum membuat peluang Vietnam tertutup. Sebaliknya, bagi timnas U-16, jika berhasil mengalahkan Vietnam, peluang lolos ke fase selanjutnya akan semakin terbuka.

Berikut ini jadwal timnas U-16 lawan Vietnam di Piala AFC 2018.

Jadwal Timnas U-16 vs Vietnam

Senin (24/9/2018)

19.30 WIB, Indonesia U-16 Vs Vietnam U-16

Stadion Nasional Bukit Jalil

Live MNC TV

Klasemen Grup C

Klasemen Grup C AFC U-16 2018 Game 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Bu Suk di Film Terlalu Tampan, Kok Iis Dahlia Tak Baca Komiknya?

Posted: 23 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Popularitas komik Terlalu Tampan di platform Webtoon Line Indonesia, ternyata memancing ketertarikan sineas Tanah  Air untuk mengangkatnya dalam bentuk film. Iis Dahlia, terpilih menjadi salah satu bintang film garapan Visinema ini. 

Dalam film Terlalu Tampan, Iis Dahlia akan melakoni karakter Bu Suk yang punya nama lengkap Jer Basuki Mawa Beya.

Ia, adalah seorang ibu rumah tangga yang seluruh anggota keluarganya begitu tampan. Bu Suk sendiri, alih-alih berwajah cantik, ternyata memiliki penampilan macho.

Lantas, apakah Iis Dahlia mempersiapkan diri dengan membaca komik Terlalu Tampan?

"Enggak (disuruh baca webtoon) sih. Kita tuh udah expert. Baca skenario udah tahu," tutur Iis Dahlia, saat ditemui di Popcon Asia 2018 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (22/9/2018) lalu.

Kata Marcellino Lefrandt

Para pemain film Terlalu Tampan (Instagram/ isdadahlia)

Selain Iis Dahlia, dalam film ini akan hadir pula sejumlah artis populer lain seperti Marcellino Lefrandt (Pak Archewe),  Tarra Budiman (Mas Okis), dan Ari Irham (Mas Kulin). 

Seperti Iis Dahlia, Marcellino Lefrandt, ternyata juga tak membaca komiknya. "Ketika ditawarkan kalau ini based on webtoon, kita langsung berusaha untuk tidak membandingkan film dengan komik. Masing-masing ada nilai plusnya sendiri," tuturnya.

Bandingkan dengan Diri Sendiri

Marcellino Lefrandt (Adrian Putra/bintang.com)

Sebagai pecinta dan kolektor komik, Marcellino sadar pro kontra pasti akan ada. Namun ia merasa tim di belakang layar pasti telah memilih dan meramu yang terbaik untuk film Terlalu Tampan.

Sementara itu, ia pun lantas membandingkan karakter yang ia mainkan, Archewe, dengan dirinya sendiri. Ternyata keduanya memiliki usia yang sama, 44 tahun. 

"(Archewe) Sangat memerhatikan penampilan, dia selalu menjaga look. In some case kalau mau ketemu orang, lihat casing-nya dulu. Ada kemiripan juga tapi enggak semua. (Kalau) Archewe ini dia pengin berusaha tampil sempurna di depan wanita," pungkas Marcellino. (Rezka Aulia/ Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh Foto Mesra Ahmad Dhani dan Maia Estianty

Posted: 23 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemesraan Ahmad Dhani dan Maia Estianty beredar di media sosial lewat foto yang diunggah sang anak, Dul Jaelani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Smartphone Pertama di Dunia yang Pakai Android

Posted: 23 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Android hari ini genap berusia 10 tahun. Sistem operasi yang kala itu baru lahir masih penuh bug dan perlu perbaikan di sana sini, kini sudah hadir di lebih dari 2 miliar perangkat di dunia.

Tidak cuma di smartphone, Android kini dipakai di televisi pintar, jam tangan pintar, tablet, bahkan lemari es. Sistem mobil pun belakangan dikabarkan bakal mengadopsi Android.

Namun, tahukah kamu smartphone apa saja yang pertama kali dibekali Android sebagai OS-nya?

Yuk, napak tilas perjalanan Android di smartphone, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Tech Crunch, Senin (24/9/2018).

1. HTC G1/ Dream (2008)

HTC Dream atau yang dikenal dengan nama T-Mobile G1 di Amerika Serikat merupakan smartphone Android pertama di dunia.

Ya, Google memang telah memperkenalkan Android pada November 2007, kendati begitu, perangkat pertama yang menggunakan OS ini baru dirilis Oktober 2008 yang tidak lain adalah HTC Dream.

Dibandingkan dengan perangkat Android saat ini, HTC Dream punya bentuk yang agak aneh.

HTC Dream

Bagaimana tidak, smartphone ini memiliki layar sentuh 3,2 inci dengan resolusi 32x480 piksel, tetapi di bagian dagunya terdapat empat tombol fisik, trackball, dan keyboard fisik qwerty yang bisa di-slide dari perangkat.

Smartphone ini hadir dengan OS open source yang mengintegrasikan berbagai layanan Google seperti Gmail, Maps, hingga YouTube.

Kehadiran smartphone ini dianggap revolusioner dan disambut oleh banyak pecinta teknologi.

Moto

Salah satu smartphone pertama yang pakai OS Android, Moto Droid (Foto: Tech Crunch)

 2. Moto Droid (2009)

Tentu saja, produk pertama Android yakni HTC Dream kurang dilirik hingga akhirnya lahirlah merek smartphone terkenal di Amerika Serikat Moto, dengan sebuah produk bernama Moto Droid.

Perangkat ini hadir dengan bodi setipis RAZR, tetapi memiliki keyboard fisik yang bisa digeser.

Meskipun tak jauh berbeda dengan HTC Dream, Moto Droid hadir dengan layar yang lebih baik dan dukungan marketing dari Motorola yang bekerja sama dengan Verizon.

Bagi banyak pecinta teknologi di zamannya, Moto Droid menjadi smartphone Android mereka.

Bagaimana tidak, perangkat Android hadir dengan sejumlah hal baru dan menarik. Tak lupa, perangkat ini jauh lebih ramah di kantong ketimbang iPhone.

Nexus

Perangkat Android pertama Google, Nexus One yang digarap oleh HTC (Foto: Tech Crunch)

3. HTC/Google Nexus One (2010)

Kolaborasi antara Google dan vendor smartphone Taiwan HTC kembali dilakukan dengan kehadiran Google Nexus One. Ya, perangkat ini merupakan brand smartphone pertama milik Google.

Nexus One hadir sebagai sebuah perangkat apik dan berkualitas tinggi yang kemudian ditujukan untuk jadi saingan iPhone.

Perangkat ini hadir tanpa keyboard seperti dua smartphone Android sebelumnya. Nexus One juga dibekali layar OLED dan desain yang indah.

Sayang, ada dua masalah utama perangkat ini. Pertama, ekosistem Android mulai ramai sehingga orang makin punya banyak pilihan saat hendak membeli smartphone Android dengan harga yang murah.

Masalah lainnya, pada saat yang bersamaan, Apple baru mau merilis iPhone 4. Sehingga seorang fanboy pasti lebih memilih iPhone 4 ketimbang perangkat ini.

HTC

HTC Evo 4G (Foto: GSM Arena)

4. HTC Evo 4G (2010)

HTC cukup gigih mengambil kesempatan dari OS Android. Ya, smartphone Android lain yang dirilis adalah HTC Evo 4G yang dirilis tahun 2010.

Pada masanya, perangkat ini punya layar cukup besar yakni 4,3 inci. Sebab saat itu iPhone baru memiliki smartphone yang layarnya 3,5 inci. Sementara, perangkat Andorid lain di masanya juga tidak sebesar HTC Evo 4G.

Perangkat ini dibekali kamera 8MP dan menggunakan OS Android 2.1 yang bisa diperbarui hingga Android 2.3. Memori internalnya hanya 1GB dan dukungan RAM 512MB.

Soal prosesor, smartphone ini didukung chip Snapdragon S1 dan dukungan baterai 1.500mAh.

Samsung

Samsung Galaxy S (Foto: GSM Arena)

5. Samsung Galaxy S (2010)

Debut Samsung di smartphone Android dimulai pada tahun 2009 dengan merilis Samsung Galaxy.

Perangkat tersebut hadir dengan OS Android 1.6. Sayangnya di banyak negara, para pengguna justru mengkritik smartphone tersebut.

Selanjutnya di tahun 2010, Samsung merilis Samsung Galaxy S (I9008). Perangkat ini hadir dengan OS Android 2.1 yang bisa di-update hingga Android 2.3.

Perangkat 4 inci ini didukung dengan RAM 512MB dan memori intenal 8 atau 16GB.

Perangkat ini juga dibekali kamera 5MP dengan baterai berkapasitas 1.500mAh.

Kini, lini Galaxy sudah mencapai ke seri yang ke-sembilan (Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus) yang hadir dengan segudang pembaruan, terutama di sektor kamera.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Sri Mulyani, Menteri Ekonomi Inggris Bahas Kerja Sama hingga Obligasi

Posted: 23 Sep 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menerima kedatangan Menteri Muda Inggris Bidang Ekonomi, Jhon Glen, di kantornya, Jakarta.

Pertemuan yang digelar secara tertutup tersebut berlangsung sejak pukul 08.30 WIB hingga 09.15 WIB atau sekitar 45 menit. Jhon Glen mengungkapkan, maksud pertemuannya dengan Sri Mulyani merupakan bagian dari kunjungan kerjanya ke Asia.

Dia menuturkan, Inggris dan negara-negara Asia lainnya, seperti Indonesia memiliki lebih banyak ruang untuk tumbuh bersama terutama dalam layanan keuangan.

"Saya memiliki pertemuan yang sangat-sangat bermanfaat dengan menteri keuangan Anda (Sri Mulyani). Kami membahas berbagai masalah bagaimana kami dapat bekerja bersama karena ekonomi Indonesia terus berkembang dan berkembang," kata Jhon usai melakukan pertemuan di Gedung Juanda Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Dalam kesempatan ini, Jhon turut membahas pertumbuhan ekonomi antarkedua negara. Terlebih lagi, dia juga menyoroti berbagai aspek kerja sama dalam bidang keuangan yang dapat dilakukan dengan pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah melalui sukuk hijau (green sukuk).

"Kami memiliki dana kesejahteraan, dana infrastruktur yang mana kami memiliki program dukungan khusus tersedia untuk mencari tahu bagaimana cara melihat keuangan hijau dan bagaimana memungkinkan itu untuk tumbuh dan berkembang," ujar dia.

Tak hanya itu, Jhon juga memberikan berupa penawaran terkait dengan peluang beberapa perusahaan di Indonesia untuk melakukan penerbitan obligasi di Bursa Efek London. 

"Kami tidak membahas angka langsung pada titik ini. Jelas, Anda (pemerintah Indonesia) sudah memiliki sejumlah penerbitan di London. Kami di London adalah pemimpin global dalam hal obligasi hijau dan kami telah menerbitkan banyak dalam beberapa tahun terakhir. Yang penting adalah kami memahami, dan semua orang mengerti, bahwa London terbuka untuk bisnis," kata Jhon.

Sebelumnya, Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa (Europe Union/EU). Keputusan untuk keluar dari Uni Eropa akan melewati masa transisi pada 29 Maret 2019 hingga 31 Desember 2020. Selama periode tersebut, Inggris tak lagi berpartisipasi dalam proses penentuan keputusan di Eropa.

"Dan apa pun yang kami hadapi terkait perubahan dalam hubungan kami dengan UE, kami terus menjadi pusat global, pusat keuangan global, yang tidak akan berubah," kata dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Theresa May Desak UE Pertimbangkan Rencana Baru Inggris untuk Brexit

Perdana Menteri Inggris Theresa May berbicara di hadapan Uni Eropa (AP/Virginia Mayo)

Sebelumnya, Perdana Menteri Theresa May mendesak para pemimpin Uni Eropa untuk memfokuskan diri pada upaya mendapatkan kesepakatan Brexit dalam dua bulan ke depan dan mengancam bahwa negosiasi terkait tidak akan diperpanjang.

Saat menghadiri sesi makan malam di Salzburg, Austria, PM May mengatakan kepada 27 rekannya bahwa prioritasnya saat ini adalah mempertahankan hubungan ekonomi, dan memastikan janji-janji untuk Irlandia Utara dipertahankan.

Dikutip dari BBC pada Kamis, 20 September 2018, muncul perkiraan bahwa Inggris akan mengajukan ide-ide baru untuk pemeriksaan regulasi dalam mengatasi kebuntuan Irlandia saat ini.

Prediksi itu datang ketika PM May bersikeras ingin Uni Eropa harus juga memikirkan kembali sikapnya di perbatasan selepas Brexit nanti.

Dalam pidato saat makan malam tersebut, PM May menekankan proposal "serius" untuk kerja sama masa depan antara Inggris dan Uni Eropa agar terus terjaga dengan baik.

Pertemuan informal para pemimpin Uni Eropa di Kota Salzburg itu adalah kesempatan pertama bagi PM May untuk membuat cetak biru Kesepakatan Checkers dari para pemimpin lainnya secara kolektif.

Negosiasi atas ketentuan keluarnya Inggris dan hubungan masa depan berada pada tahap kritis, dengan tarik ulur yang berlangsung sekitar enam bulan sebelum Inggris dijadwalkan resmi keluar pada 29 Maret 2019.

Usulan PM May agar Inggris mendaftar ke buku peraturan umum untuk perdagangan barang dan wilayah pabean gabungan tidak banyak mendapat dukungan dari banyak orang di partainya sendiri.

Oleh pengamat, hal itu diyakini akan mengikis kedaulatan Inggris serta dukungan publik dalam negeri terhadap hasil referendum Brexit, yang disampaikan pada 2016.

Di lain pihak, menurut juru bicara pemerintah senior, PM May mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa Brexit adalah tantangan "rumit" yang unik, tetapi dapat diselesaikan tepat waktu.

PM May menegaskan tidak akan ada pertanyaan tentang Inggris yang berusaha memperpanjang negosiasi melampaui 29 Maret 2019, seperti yang diminta oleh Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon, sehingga berisiko menunda momen keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Ditambahkan oleh PM May bahwa dia telah "mengajukan proposal yang serius dan bertanggung jawab pada kita semua (Inggris) untuk menyelesaikannya".

Tiga prioritasnya, katanya, melindungi Irlandia Utara bagi kedaulatan Inggris, menjaga hubungan perdagangan dengan Uni Eropa, dan mempertahankan hubungan keamanan yang erat dengan Uni Eropa untuk menghadapi ancaman umum.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timses Jokowi Anggap Janggal Dana Awal Kampanye Prabowo-Sandiaga

Posted: 23 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Raja Juli Antoni mempertanyakan dana awal kampanye Prabowo-Sandiaga. Pasangan itu, melaporkan saldo awal dana kampanyenya sebesar Rp 2 miliar.

Dia menilai, angka Rp 2 miliar untuk dana awal kampanye ini janggal. Terlebih lagi, dia percaya Prabowo dan Sandiaga berkantong tebal.

"Harta mereka naik signifikan tahun-tahun terakhir. Menurut LHKPN kekayaan Prabowo Rp 1,9 triliun dan Sandi Rp 5 triliun," ujar Antoni kepada JawaPos.com, Senin (24/9/2018).

Dia menilai, wajar bila publik bertanya-tanya, kenapa dana kampanye Prabowo dan Sandiaga hanya Rp 2 miliar.

"Apa disimpan di dalam kardus-kardus lain seperti yang pernah disangkakan Andi Arief (Wasekjen Partai Demokrat)," kata Antoni.

Lapor ke KPU

Sebelumnya, koordinator juru bicara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pihaknya melaporkan dana kampanye awal senilai Rp 2 miliar. Uang itu berasal dari Prabowo Subianto Rp 1 miliar dan Rp 1 miliar dari Sandiaga Salahudin Uno.

Dahnil menuturkan, Prabowo dan Sandiaga berkomitmen bakal menggunakan seluruh sumber daya yang mereka miliki untuk kepentingan kampanye.

Dahnil membantah jika dana kampanye yang sejumlah Rp 2 miliar ini sengaja dibuat mirip dengan nomor urut Prabowo-Sandiaga.

Baca artikel Jawapos.com lain di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lupa Jemput Anak, Kartika Putri Diprotes

Posted: 23 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kartika Putri kini punya kehidupan baru setelah dinikahi oleh Habib Usman bin Yahya. Tak hanya sebagai seorang istri, ia kini berstatus sebagai seorang ibu. 

Ini karena sang suami telah memiliki tiga orang anak dari pernikahan yang sebelumnya.

Kartika Putri mengakui bahwa mengurus tiga anak sekaligus bukanlah perkara mudah. Apalagi ketiganya terbilang sangat aktif.

"Anak pertama yang sudah mau gadis, tiap hari ada aja celotehannya tentang teman-temannya di SMP. Yang kedua SD, ada aja telepon dari gurunya karena tingkah lakunya yang menggemaskan," tutur Kartika Putri saat ditemui usai mengisi acara kajian di Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (23/9/2018).

Sementara si bungsu yang belum memiliki aktivitas, lebih banyak menempel dengan Kartika Putri.

Lupa Rutinitas

Kartika Putri

Lucunya, ada kalanya Kartika Putri terlupa dengan rutinitas barunya sebagai seorang ibu. Bahkan sempat ada kejadian unik, yakni saat Kartika Putri lupa menjemput anaknya. Tak heran, ia langsung diprotes oleh anak-anaknya. 

"Punya tanggung jawab baru. Antar jemput, tapi kadang lupa. Ditelepon, 'Bunda kok ini enggak dijemput?'" ungkapnya blak-blakan.

 

Kebiasaan Mulai Berubah

Kartika Putri

Kartika Putri menambahkan, ia tidak merasa terbebani dengan kehidupan baru ini. Ia justru menikmatinya. "Masya Allah nikmatin banget. Dengan celotehan-celotehannya yang ternyata justru menghibur," sambungnya.

Kebiasaan Kartika Putri pun berubah, termasuk dalam hal obrolan via group chat. "Kalau dulu kan grupnya teman-teman artis rumpi gitu ya, kalau sekarang itu grup-grupnya dari sekolah anak-anak," ujarnya. (Dhefa Mauren Roos Mary/ Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Tahanan Kabur di Polres Kepulauan Seribu Sisa 10 Orang

Posted: 23 Sep 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Kepulauan Seribu terus mengejar beberapa tahanan kabur. Dari total 20 tahanan yang melarikan diri, 10 orang di antaranya dijebloskan kembali ke penjara.

"Sisanya yang belum tertangkap 10 tahanan lagi," ujar Kasat Reskrim Polres Kepulauan Seribu Iptu Fahmi Amarullah ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Fahmi merinci, tujuh tahanan ditangkap di wilayah Cilincing, Jakarta Utara. Sedangkan tiga lainnya di wilayah yang berbeda-beda.

"Tahanan ke delapan di Depok, lalu tahanan ke sembilan di Serang Banten. Terakhir di Tangerang Selatan," ujar dia.

Menurut dia, para tahanan ini tidak kabur ke tempat yang sama. Begitu berhasil merangsek, mereka langsung terpencar.

"Dari pengkuan yang kami tangkap tidak ada satupun yang kabur ke tempat yang sama," ungkap dia.

Saat ini, pihaknya sedang memburu tahanan kabur lainnya. Pihaknya pun telah melacak lokasi persembunyian 10 tahanan lainnya. "Kami sudah petakan. Mereka-mereka ini ada beberapa yang di Jakarta. Ada juga yang di luar Jakarta," kata Fahmi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dikejar Sampai Dapat

Ilustrasi penjara (AFP)

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis meminta agar dibentuk tim untuk mengejar para tahanan di Polres Kepulauan Seribu yang kabur. Ada 20 tahan yang kabur saat itu.

"Sudah saya perintahkan untuk bentuk tim dan kejar sampai dapat," tegas Idham melalui pesan singkat kepada merdeka.com, Sabtu 22 September 2018.

Dia menegaskan bila dalam peristiwa ini didapati anak buahnya bersalah sehingga menyebabkan kaburnya para tahanan, maka sanksi tegas akan dijatuhkan.

"Anggota yang jaga diperiksa Propam, kalau ada kelalaian saya tindak sesuai kesalahannya," tegas jenderal polisi bintang dua ini.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Viktor Siagian mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap seluruh tahanan yang kabur.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Lengkap Liga Inggris Pekan Keenam

Posted: 23 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris telah memasuki pekan keenam. Persaingan di papan atas semakin sengit, meski baru awal musim.

Sejumlah tim unggulan mampu mencuri kemenangan pada pekan keenam ini. Hanya Chelsea yang gagal meraih poin penuh.

Liverpool menjadi klub yang paling sempurna sejauh ini. The Reds selalu menang dalam enam laga pembuka.

Pada pekan ini, anak asuh Jurgen Klopp itu membantai Southampton tiga gol tanpa balas. Mereka pun masih bertahan di puncak klasemen.

Sementara itu, posisi kedua klasemen Liga Inggris ditempati Manchester City. Raheem Sterling dan kawan-kawan menang telak 5-0 di kandang Watford.

Hasil Lain

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Hasil kurang bagus diraih Chelsea pekan ini. Mereka hanya bermain imbang 0-0 melawan West Ham United.

Nasib serupa juga dialami MU yang ditahan imbang 1-1 oleh Wolverhampton Wanderers. Sementara itu, Arsenal mampu menang 2-0 atas Everton.

Berikut hasil lengkap Liga Inggris pekan keenam.

Hasil Liga Inggris

Logo Liga Inggris

Fulham 1 - 1 Watford

Burnley 4 - 0 Bournemouth

Cardiff City 0 - 5 Manchester City

Crystal Palace 0 - 0 Newcastle

Leicester City 3 - 1 Huddersfield

Liverpool 3 - 0 Southampton

MU 1 - 1 Wolverhampton

Brighton 1 - 2 Tottenham

West Ham United 0 - 0 Chelsea

Arsenal 2 - 0 Everton

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Tas dan Sepatu Warna Bold untuk Wanita Kreatif

Posted: 23 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain busana, aksesori merupakan salah satu pendukung penampilan para wanita urban saat ini. Brand tas dan sepatu Charles & Keith memberikan pilihan aksesori untuk menyempurnakan penampilan Anda.

Lewat koleksi tas dan sepatu Charles & Keith Musim Gugur 2018 yang bertajuk Make Your Mark, para wanita aktif dan kreatif semakin bebas mengekspresikan dirinya. Koleksi ini dipersembahkan untuk wanita modern yang kuat yang tidak takut untuk mendefinisikan kehidupan dengan istilah uniknya sendiri.

Koleksi terbaru dari Charles & Keith ini diperkenalkan lewat kampanye yang memperlihatkan wanita-wanita urban yang kuat dan mandiri. Dengan sikap yang sehat dan perspektif yang segar, mereka menggunakan tas dan sepatu sebagai sarana untuk menyiarkan hasrat, kewanitaan, dan kemauannya kepada dunia.

 

Tas dan sepatu menjadi salah satu cara terlihat kreatif

Koleksi tas dan sepatu terbaru brand Charles & Keith bernuansa bold untuk wanita kreatif. (Foto: Do. Charles & Keith)

Kisah kampanye ini menyiratkan pesan-pesan dan bernilai seni. Pada video kampanye terlihat dua wanita muda pada area parkir mobil. Masing-masing membawa seember cat dan kuas. Ketika mereka naik ke atap, keduanya mengekspresikan kreativitas bermain mereka dengan melukis garis-garis berwarna cerah di dinding dan lantai. Begitu mereka tiba di puncak gedung, mereka mengungkapkan tujuan mereka berada.

 

Koleksi yang menggambarkan wanita kreati dan stylish

Koleksi tas dan sepatu terbaru brand Charles & Keith bernuansa bold untuk wanita kreatif. (Foto: Do. Charles & Keith)

Video kampanye untuk memperkenalkan koleksi terbaru dari Charles & Keith ini diambil oleh fotografer berbakat Inggris, Harley Weir. Selain bekerja dengan majalah ternama seperti POP, Self Service, dan Wallpaper, ia juga melakukan kampanye dan buku panduan untuk brand-brand fashion terkenal dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu Perang Dagang Kembali Tekan Rupiah

Posted: 23 Sep 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan di awal pekan ini. Isu pembelian jet tempur Rusia oleh China menjadi salah satu isu yang mendorong penguatan dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Senin (24/9/2018), rupiah dibuka di angka 14.846 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.816 per dolar AS.

Sejak lagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.846 per dolar AS hingga 14.879 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 9,71 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.865 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan pada Jumat lalu yang ada di angka 14.824 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, kabar mengenai China membatalkan pembicaraan tarif dan perdagangan tingkat menengah dengan AS membuat aset mata uang berisiko seperti rupiahkembali mengalami tekanan.

"Investor kembali fokus pada perang dagang, China telah membatalkan kunjungannya ke AS yang dijadwalkan pekan ini," katanya seperti dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan China menambahkan USD 60 miliar produk AS ke daftar tarif impor. Itu merupakan balasan China terhadap bea masuk AS atas barang-barang Tiongkok senilai USD 200 miliar.

 

Jet Tempur

Pesawat tempur Rusia Sukhoi Su-34 berpartisipasi dalam latihan militer Vostok-2018 di Tsugol, Siberia timur, Kamis (13/9). Rusia mengerahkan 300 ribu prajurit dalam unjuk kekuatan, termasuk dalam latihan bersama dengan tentara China. (AFP/Mladen Antonov)

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menambahkan hubungan politik AS-China juga memburuk menyusul pembelian jet tempur serta rudal oleh China dari Rusia.

"Dengan isu baru ini membuat hubungan dagang AS-China yang sebelumnya mengalami ketegangan karena penetapan tairf impor barang semakin memburuk," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Ditiru, Ulah Aneh Dua Pemuda Terciduk CCTV di Persimpangan Jalan

Posted: 23 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Tasikmalaya- Jalan raya dianggap tempat yang sangat berbahaya. Hal ini karena banyaknya pengendara mobil atau motor yang kerap ugal-ugalan sehingga kerap terjadi kecelakaan yang memakan korban.

Namun ada yang aneh dari dua orang pemuda yang menggunakan helm half face di sebuah persimpangan jalan di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat.

Bagaimana tidak, dua orang pemuda yang tak disebutkan namanya itu jutsru berguyon dengan cara tidak lazim di jalanan yang cukup ramai pengendara.

Hal itusempat terekam kamera CCTV Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya dan diunggah ke akun Instagram @atcs.kotatasikmalaya.

"Mimin menciduk aktivitas dua orang ini 😂 ada yang aneh ga ? Udah bagus pada pake Helm,,tapi kendaraan nya kemana 😑😦...Hati hati..di jalan jangan dijadikan arena bermain ya.!! Tetap Utamakan KeselamatanJangan ditiru ya... Terima kasih" tulis akun @atcs.kotatasikmalaya.

Dari cuplikan video tersebut, terlihat dua pemuda berpura-pura mengendarai sepeda motor berboncengan. Tentunya, mereka tak mengendarai motor sebenarnya.  

Belum diketahui motif aksi kedua pemuda tersebut, namun aksi iseng yang juga direkam kamera oleh rekan lainnya itu hanya ingin membuat sensasi.

 

Kata Netizen

@dylanseptiansyah Stop making stupid people famous

@dimasarif0109 Lupa bawa motor itu 😅

@meso_masiyo korban sosmed

@mwh_id Hayangen viral tapi da geus viral😂

@rick_aka_buluxbastard01 Mani kieu kieu amat duh...saking pingin nge hitz

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pamer Kemesraan di Media Sosial, Aksi Bocah Ini Bikin Prihatin

Posted: 23 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masih kecil tapi sudah pacaran, memang fenomena semacam itu sudah menjadi hal yang lumrah dikalangan anak-anak sekarang ini. Anak-anak yang kebanyakan masih duduk di bangku SD rupaya sudah kenal akrab dengan istilah pacar-pacaran.

Meski membuat prihatin, hal yang bikin bertambah miris ialah ketika mereka mengunggah kebersamaan mereka di jejaring sosial.

Sambil membubuhkan kalimat manis di unggahan Facebook, foto-foto mesra para bocah baru kenal pacaran ini bikin tak habis pikir.

Artikel tentang terlalu dini kenal pacaran enam tingkah bocah di Facebook, menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sedangkan artikel tentang pemuda Cimahi yang bertransformasi mirip artis Korea menempati kedua terpopuler. Disusul dengan artikel ketiga terpopuler yakni tentang kebun binatang pertontonkan video porno pada hewan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Terlalu Dini Kenal Pacaran, 6 Tingkah Bocah di Facebook Bikin Prihatin

Doc: @drama.sosialmedia

Beberapa penelitian menyebutkan pubertas anak zaman sekarang datang lebih cepat. Tak heran, walau masih duduk di bangku SMP bahkan SD, banyak bocah yang tak segan mempertunjukkan kemesraan mereka dalam berpacaran di media sosial.

Selengkapnya..

2. Sering Diejek, Pemuda Cimahi Bertransformasi Jadi Mirip Artis Korea

(Foto: Eka Supriatna/Facebook)

Tak sedikit orang pasti pernah mendapat perlakukan buruk karena penampilan mereka. Sederet pengalaman seperti ditolak cinta hingga di-bully pasti menimpa orang yang dianggap memiliki penampilan jelek atau gemuk.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, setiap orang bisa berubah. Itulah yang dialami oleh seorang pemuda asal Cimahi bernama Eka Supriatna. Saat masih duduk di bangku sekolah, Eka kerap kali mendapat perlakuan yang menyakitkan karena penampilannya.

Selengkapnya..

3. Kebun Binatang Ini Pertontonkan Video Porno pada Hewan

Panda Cai Tao bersiap mengambil tumpeng yang di dalamnya berisi wortel dan batang, daun serta irisan bambu, makanan kesukaannya hadiah ulang tahunnya ke-8 dari pengelola Taman Safari Indonesia Jawa Barat, Sabtu (4/8/2018). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sebuah kebun binatang di Adelaide, Australia diketahui mempertontonkan video porno pada dua panda yang tinggal di sana. Wang Wang dan Fu Ni diberi suguhan demikian ternyata bukan tanpa alasan. Video tersebut dipertontonkan dengan tujuan agar merangsang keduanya untuk kawin.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Macet di Rel Kereta Api Pasuruan, Ibu Hamil Tewas

Posted: 23 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Pasuruan - Suasana duka menyelimuti korban tabrakan kereta api di Pasuruan. Selang beberapa jam dari kejadian tersebut, pasangan suami istri yang menjadi korban tabrakan itu langsung mendapat perawatan medis. Istri korban tak dapat tertolong karena luka yang cukup parah.

"Istri korban meninggal dalam perawatan medis," tutur Kasat Lantas Polres Pasuruan, AKP Eko Iskandar, Minggu (23/9/2018).

Sebelumnya, pasangan suami istri (pasutri) Jati Purnomo (33) dan Palupi Dhewi Maryono (27) mengalami kecelakaan ketika kereta api bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) menghantam mobil yang dikendarai Jati Purnomo. Insiden ini terjadi pada Minggu, 23 September 2018, pukul 10.25 WIB.

Awalnya, Jati berniat menyenangkan sang istri yang sedang hamil berwisata ke wahana berburu petik mangga alpukat di Pasuruan. Namun, liburan pasutri yang sudah dua tahun berumah tangga ini malah menjadi petaka. 

Lokasi kecelakan ini terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu yang juga dilintasi jalan desa, tepatnya di Dusun Sumber Boto, Desa Oro-oro Ombo Wetan, Kecamatan Rembang.

"Korban bersama istrinya, mengemudi mobil Terios Nopol K 8960 EE. Sebab kurang hati-hati. Tiba-tiba mobil korban berhenti di tengah-tengah rel. Seketika itulah korban disambar kereta api," jelas Kasat Lantas Polres Pasuruan, AKP Eko Iskandar.

Sambaran kereta api muatan BBM 2626 yang melaju dari arah Malang menuju Surabaya itu, mampu melontarkan mobil korban sampai 50 meter jauhnya. Hasilnya, mobil Terios itu mengalami rusak parah di bagian kiri dan depan.

Untung saja, warga dengan bergegas mengeluarkan korban dari mobil yang ringsek itu. "Saat dievakuasi warga, kedua korban masih selamat. Namun, istri korban luka berat. Semua dievakuasi ke RSUD," ungkapnya.

Eko menyebutkan identitas korban tabrakan kereta api itu adalah Jati Purnomo, yang merupakan pekerja proyek Jalan Tol Gempol-Malang. Dia merupakan warga asal Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirodrajan, Kota Yogyakarta. Adapun istrinya, Palupi Dhewi Maryono, warga Jalan Argupuro VI, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

"Pengendara mengalami luka pada bagian kepala belakang memar, kaki sebelah kiri patah. Untuk penumpang, mengalami luka berat pada bagian hidung bagian atas, pada lengan bagian kiri bawah patah, dan paha kanan patah," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Izin Kapal Aquarius Dicabut, Nasib Penyelamatan Imigran Jadi Suram

Posted: 23 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Sebuah kapal penyelamat yang beroperasi di Laut Mediterania, Aquarius, telah dicabut izin berlayarnya. Hal ini mengakibatkan masa depan misi penyelamatan imigran semakin suram.

Izin berlayar kapal Aquarius hanya berlaku hingga akhir September. Setelahnya itu, mereka harus melepas bendera Panama dari dek.

Dikutip dari BBC, Senin (24/9/2018), Aquarius adalah kapal penyelamat swasta terakhir yang beroperasi di Laut Mediterania. Kapal ini digunakan untuk penyeberangan imigran dari Libya ke Eropa.

Badan amal yang menjalankan kapal ini menuduh pemerintah Italia menekan Panama untuk menolak perpanjangan izin berlayar Aquarius.

Dua kelompok yang menyewanya, Médecins Sans Frontières (MSF) dan SOS Mediterranée, mengatakan mereka diberi tahu tentang keputusan oleh Otoritas Maritim Panama (PMA) pada Sabtu.

"Pihak berwenang menggambarkan kapal itu sebagai masalah politik bagi Panama, dan mengatakan pemerintah Italia telah mendesak mereka untuk segera mengambil tindakan terhadap Aquarius," ujar salah seorang perwakilan SOS Mediterranée.

Di lain pihak, Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Salvini, yang sebelumnya menyebut kapal bantuan tersebut sebagai "layanan taksi gelap" bagi imigran, menyangkal tudingan negaranya telah menekan Panama.

Pada Minggu, Menteri Salvini berkicau di Twitter bahwa dia "bahkan tidak tahu" dari mana asal kabar tentang tudingan Italia mendesak Panama.

Salvini telah menjadi tokoh terkemuka dalam pengetatan imigrasi publik di Italia dalam beberapa waktu terakhir, yakni sejak koalisi antara partai sayap kanan Liga dan Gerakan Lima Bintang anti-kemapanan, berkuasa pada Juni.

Banyak laporan media juga menyebut Salvini kerap berkonflik dengan operator kapal penyelamat, termasuk ketika bulan lalu melakukan penggeledahan terhadap 150 imigran di atas kapal penjaga pantai di Pulau Sisilia.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Kapal Swasta Penyelamat Terakhir

Seorang imigran beristirahat menggenakan selimut setelah perahu karet yang membawa 135 orang diselamatkan oleh penjaga pantai Spanyol di Mediterania di pelabuhan Tarifa, Spanyol (24/7). (AFP Photo/Jorge Guerrero)

Menurut PBB, lebih dari 1.700 imigran tewas ketika mencoba menyeberang ke Eropa pada 2018.

Aquarius telah beroperasi di kawasan Laut Mediterania sejak Februari 2016, hingga di masa-masa kebuntuan diplomatik dalam beberapa bulan terakhir, setelah disembarkasi atau pemulangan paksa.

Rencana pencabutan izin Aquarius bisa dilacak sejak izin melintas di Administrasi Maritim Selat Gibraltar diperketat sejak bulan Agustus, di mana membuat banyak misi penyelamatan terhambat, termasuk 58 orang di atas perahu karet yang terombang-ambing di Laut Mediterania selama lebih dari seminggu.

Dalam pernyataan bersama, Médecins Sans Frontières dan SOS Mediterranée bersikeras bahwa mereka "sepenuhnya patuh" dengan hukum maritim. Mereka juga mencela keputusan pencabutan izin, dan menyebutnya berisiko membuat ratusan orang meninggal.

Pernyataan itu meminta pemerintah Eropa untuk memikirkan langkah alternatif untuk memungkinkan kapal Aquarius melanjutkan operasinya, yakni dengan meyakinkan pihak berwenang Panama atau mengeluarkan bendera baru dari otoritas lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Team Balap Australia Borong Gelar Juara Tour de Siak 2018

Posted: 23 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gelaran balap sepeda internasional Tour de Siak 2018 telah berakhir dan berjalan sukses. Dari empat etape, Muhammad Nur Fathoni dari Team Bumi Siak Pusako (BSP) meraih juara satu kategori individual Indonesia.

Secara keseluruhan, Nur Fathoni lebih cepat dari pesaing beratnya, Muh. Imam Arifin yang tergabung dalam KFC Cycling Team, dan Aiman Cahyadi yang membela team Sapura asal Malaysia.

 

Bupati Siak Syamsuar saat malam penganugrahan pemenang Tour de Siak 2018.

Sementara itu, ST George Continental Cycling Team dari Australia berhasil menjadi juara umum sesuai prediksi banyak orang. ST George Continental Cycling Team menyapu bersih kategori individual umum secara keseluruhan. Di etape IV, Mathew Zenovich tampak santai dan memang terakhir masuk garis finish, namun pengumpulan pointnya paling banyak. Kemudian, teman satu teamnya Marcus Culey berada di posisi kedua dan disusul Benjamin Dyball.

 

 

Pemenang Tour de Siak 2018.

Sedangkan untuk kategori sprint general, Muhammad Izzat Helmi, team Sapura asal Malaysia berhasil pada posisi pertama. Posisi kedua diraih Benjamin Dyball dari team ST George Continental Cycling asal Australia. Posisi ketiga diraih Muh Harrif Saleh yang bergabung dalam Terengganu Cycling Team asal Malaysia.

 

Pemenang Tour de Siak 2018.

Terakhir juara bergensi kategori internasional team di puncak kelas diraih ST George Continental Cycling asal Australia. Untuk juara kedua dan ketiga, BSP Siak harus mengakui keunggulan dua team dari Malaysia, yakni Supura Cycling dan Terengganu Cycling Team.

Padahal, sebelumnya pada kategori team ini BSP Siak sempat masuk tiga besar. Namum, pada etape IV sebagai penentu BSP Siak harus rela menyerah beradu cepat dengan Terengganu Cycling Team. 

Tour de Siak 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laos dan Myanmar Jadi Target Sales Mission Kementerian Pariwisata

Posted: 23 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) semakin agresif menjaring wisatawan Asia Tenggara. Hal ini dilakukan dalam rangka merealisasikan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2018.

Kali ini, negara yang disasar adalah Laos dan Myanmar. Kemenpar pun mengadakan Sales Mission 7 Destinas Prioritas di dua negara tersebut untuk menjaring wisatawan. Sales Mission di Laos telah digelar pada 22 Agustus 2018, sedangkan di Myanmar pada 23 Agustus 2018.

Delegasi Wonderful Indonesia dalam Sales Mission dipimpin oleh Sekretaris Kemenpar, Ukus Kuswara.

"Pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara semakin meningkat. Pangsa pasarnya sangat potensial. Terbukti sekitar 40 persen wisatawan Indonesia berasal dari wilayah Asia Tenggara. Ini yang ingin kami tingkatkan," ujarnya, Minggu (23/9/2014).

Ukus menjelaskan, Sales Mission diharapkan mampu memberikan informasi mengenai destinasi di Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia memiliki sejumlah destinasi top, seperti Pulau Jawa yang menjadi pulau terbaik di dunia. 

"Kita mulai dari Table Top dulu sebelum promosi ke pelanggan. Karena mereka (agen perjalanan) bisa mempengaruhi klien mereka. Dengan biaya yang lebih murah, kita bertemu antara bisnis to bisnis," ucapnya.

Pertemuan bisnis tersebut dilaksanakan secara round robin--sellers meet buyers. Dengan begitu, semua sellers dapat bertemu dengan seluruh buyers yang hadir. Dalam kesempatan itu juga hadir tamu istimewa yakni Duta Besar RI untuk Laos, Pratito Soeharyo.

Sales Mission di Laos dan Myanmar semakin melengkapi eksplorasi Kemenpar di pasar Asia Tenggara. Sebelumnya, Kemenpar sudah menggali wisatawan di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

"Kelihatan, mereka berminat untuk mengunjungi semua destinasi di Indonesia. Karena, mereka belum begitu paham. Sebenarnya ini keuntungan juga untuk kita. Karena wisman pasti membutuhkan destinasi baru," kata Ukus.

Guna menambah daya tarik, penampilan tarian dan kuliner Indonesia turut ditampilkan. Hal ini sekaligus memberikan gambaran kekayaan alam dan budaya Indonesia.

"Ini sengaja kita sajikan. Kita ajak mereka untuk ikut mengeksplor kekayaan Indonesia, termasuk kekayaan destinasinya," ujar Ukus.

Ia mengakui, pasar Laos dan Myanmar belum sebesar negara-negara lain. Namun, secara kualitas, wisatawan keduanya memiliki daya beli yang cukup tinggi. Jumlah wisatawannya pun terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Laos misalnya. Pada tahun 2016 menyumbang 2.528 wisatawan ke Indonesia. Jumlah tersebut terkoreksi positif dengan torehan 3.915 wisatawan di tahun 2017. Target kita dapat menarik 4.100 wisatawan Laos tahun ini," ucap Ukus.

Terlebih lagi, sekarang sudah ada akses penerbangan langsung ke Laos dan Myanmar.

Dengan program ini, dampak terhadap pasar pariwisata diyakini akan bagus. Prediksinya, kapasitas pintu masuk wisman akan menyebar lebih banyak ke destinasi lain di Indonesia, sehingga mereka tidak menumpuk di segelintir destinasi saja.

"Pintu masuk wisman selama ini dari Bali 40 persen, Jakarta 30 persen, Batam-Bintan dan sekitarnya 20 persen, dan kota lainnya 10 persen. Jadi harus ada terobosan destinasi wisata baru dengan cepat karena kapasitas tiga pintu itu sudah terbatas," kata Ukus.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Laos, Pratito Soeharyo, mengatakan bahwa sepanjang 73 tahun usia negara Indonesia dan 61 tahun hubungan bilateral Indonesia-Laos, terdapat banyak kemajuan. Namun demikian, masih terdapat ruang pengembangan lebih lanjut, khususnya di bidang kerja sama kebudayaan dan pariwisata.

"Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di luar negeri, termasuk di Laos. Di mana tentunya akan memberikan manfaat bagi kedua negara dan dapat meningkatkan neraca perdagangan dan ekonomi bilateral," ujarnya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa strategi promosi Wonderful Indonesia dilakukan melalui tiga hal, yaitu Branding, Advertising, dan Selling (BAS). Sales Mission ini adalah bagian dari selling, selain fam trip yang selalu digelar oleh Kemenpar.

"Ketiga strategi itu harus connect sampai menghasilkan wisman. Itu harus kita maksimalkan di setiap kesempatan. Terlebih momentumnya pas ketika nama pariwisata Indonesia sedang bersinar," ucap menteri yang memimpin Kementerian Pariwisata Terbaik 2018 di Asia Pasifik versi TTG.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs PS Tira: Lanjutkan Tren Positif

Posted: 23 Sep 2018 09:00 PM PDT

Jakarta Bali United bakal berhadapan dengan PS Tira pada laga pekan ke-23 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (24/9/2018).

Seperti diketahui, saat ini Bali United dalam tren yang cukup positif karena berhasil meraih empat kemenangan dan satu imbang dari lima pertandingan terakhir. Rentetan hasil bagus itu menempatkan tim dari Pulau Dewata di posisi kelima klasemen sementara.

Bahkan, Bali United berpeluang besar naik ke peringkat kedua apabila mampu mengalahkan PS Tira. Kemenangan atas tim tamu akan menempatkan Bali United satu setrip di bawah pemuncak klasemen, Persib Bandung.

"Kami sudah melakukan persiapan baik secara taktikal dan mental. Memang tidak banyak yang bisa kamu lakukan karena waktu yang cukup mepet. Sejak pulang dari Banjarmasin, kami hanya memiliki waktu dua hari untuk mematangkan taktikal," ujar Widodo.

Namun, misi untuk mengamankan kemenangan agak terganggu dengan sudah pasti absennya Stefano Lilipaly yang mengalami cedera di bagian punggung kaki. Selain itu, Bali United juga belum bisa memakai tenaga Fadil Sausu.

"Pemain yang absen salah satunya adalah Stefano Lilipaly yang mengalami cedera di bagian punggung kaki. Selain itu ada juga nama Fadil Sausu yang belum pulih dari cedera engkel. Tapi saya pastikan itu bukan hal yang serius karena kami masih memiliki pemain lainnya," kata Widodo.

"Kami berharap semua pemain tidak meremehkan PS Tira karena mereka mengalami perubahan yang positif di putaran kedua setelah ditangani Nilmaizar dan ada juga beberapa pemain baru yang bergabung," dia melanjutkan.

PS Tira memang bukan lawan yang mudah dikalahkan Bali United. Apalagi, tim tamu sedang terluka setelah takluk 1-2 dari PSM Makassar, di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada pekan ke-22 Liga 1.

Kendati demikian, Nilmaizar mengakui laga menghadapi Bali United akan berjalan sulit untuk pasukannya. Ia pun menilai absennya Lilipaly dan Fadil Sausu tidak berpengaruh besar terhadap performa tim tuan rumah.

"Secara posisi menguntungkan, tapi skuat Bali United kualitasnya hampir sama," tukas mantan pelatih Semen Padang itu.

Perkiraan susunan pemain

Perkiraan susunan pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya, Agus Nova, Dallen Ramadhan, Ricky Fajrin; Taufiq, Brwa Nouri, Van der Velden; Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Nyoman Sukarja

Pelatih: Widodo C. Putro

PS Tira (4-2-3-1): Angga Saputra; Kasim Slamat, Abu Bakr, Didik Wahyu, Abduh Lestaluhu; Izmy Yaman, Manahati Lestusen; Wawan Febriyanto, Jeon Woo-Young, Dmitriy Rekish; Aleksandar Rakic

Pelatih: Nilmaizar

 

Sumber: www.bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontroversi Pernikahan Dini Dongho Eks U-Kiss yang Berakhir Tragis

Posted: 23 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Impian Shin Dongho untuk menikah di usia muda akhirnya terwujud. Mantan personel boyband U-Kiss itu resmi menikahi kekasihnya, Kim Seehee, pada tahun 2015 silam.

Pernikahan itu berlangsung tertutup dan hanya dihadiri keluarga serta teman-teman dekat. Kim Seehee sendiri diketahui bukan dari kalangan selebritas.

Bulan Juni 2016, Dongho eks U-Kiss resmi mengumumkan kelahiran anak pertamanya. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu diberi nama Shin Asher.

Kehidupan rumah tangga Dongho eks U-Kiss dengan Kim Seehee terbilang adem ayem. Hanya saja, setelah tiga tahun menikah, 20 September 2018 lalu Dongho dikabarkan mengajukan gugatan perceraian ke pengadilan.

Dilansir dari Soompi baru-baru ini, Dongho dan sang istri belakangan sudah tidak tinggal dalam satu atap.

 

Simak video menarik di bawah ini:

 

Kesepakatan Bersama

Momen pernikahan Dongho, mantan personel UKISS (soompi)

Lewat page Facebook miliknya, Dongho mengatakan bahwa perceraian ini terjadi atas kesepakatan bersama antara dirinya dan Kim Seehee. Dongho sendiri semula tidak ingin perceraian ini menjadi konsumsi publik.

"Ini bukan sesuatu yang akan aku bicarakan panjang lebar, tetapi kami memutuskan untuk bercerai karena perbedaan prinsip," kata Dongho.

 

Tetap Kompak

Shin Dongho bersama istri (Kim Seehee) dan putranya, Shin Asher [foto: facebook]

Dan bila nantinya sudah berpisah, Dongho mengaku tidak akan memutus hubungannya dengan Kim Seehee. Apa lagi kalau bukan demi kebahagiaan buah hati mereka, Shin Asher.

"Aku tidak berpisah dengan istriku karena hubungan yang buruk, oleh karena itu kami akan bertanggungjawab sebagai orangtua sampai kapan pun meski hubungan kami sebagai suami istri sudah berakhir," lanjut Dongho.

Dengan begini, Dongho akan menjadi duda di usia yang masih sangat muda, yakni 24 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 3 Fakta Anthony Ginting Menang China Open 2018

Posted: 23 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anthony Sinisuka Ginting berhasil merebut juara China Open 2018. Ternyata kemenangan Ginting mengukir sejarah baru dalam bulu tangkis Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Mengapa Tak Banyak yang Ingin Terjun ke Bisnis Vaksin

Posted: 23 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai satu-satunya produsen vaksin di Indonesia, Bio Farma tidak menutup kemungkinan apabila ada perusahaan farmasi lain yang ingin melakukan pengembangan vaksin. Namun, hal tersebut menurut mereka bukanlah hal yang mudah.

Direktur Utama Bio Farma, M. Rahman Roestan, mengatakan Bio Farma tidak ingin memonopoli pembuatan vaksin. Pihaknya mempersilakan siapa pun untuk bisa berkontribusi dalam pengembangan vaksin.

"Tetapi karakteristik vaksin dari regulasinya cukup ketat. Kemudian capital investment-nya pun cukup tinggi. Kemudian untuk kompetensi karyawannya pun cukup jarang," ujar Rahman pada Health Liputan6.com di kantor Bio Farma, Bandung, ditulis Senin (24/9/2018).

Rahman mengatakan, saat ini bidang vaksinologi di universitas-universitas di Indonesia belumlah ada, sehingga dari segi sumber daya manusia-nya tidak mudah.

"Dari kompleksitas tadi, fungsi sosialnya pun tinggi," ujar Rahman.

Rahman mengatakan, vaksin untuk imunisasi dasar di daerah-daerah saat ini gratis. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan imunisasi nasional, pihak Bio Farma wajib memenuhi permintaan pemerintah.

"Profit yang harus kita cari dari ekspor," kata Rahman menambahkan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Tidak Menutup Kesempatan Pihak Lain

Sebuah foto menunjukkan anak yang terkena cacar api dipajang di museum Bio Farma (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Namun, Rahman tidak menutup apabila ada pihak lain yang ingin melakukan bisnis vaksin. Namun, rumitnya berbagai faktor menjadi alasan banyak yang tidak mau terjun ke bisnis vaksin.

"Mungkin yang profit-oriented lebih banyak mengambil kesempatan di suplemen yang regulasinya tidak sekompleks vaksin," kata Rahman.

Bio Farma sendiri merupakan salah satu dari sekitar 30 produsen vaksin yang sudah mendapatkan kualifikasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kami merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dilihat dari jenis produk dan kapasitas, serta menjadi rujukan centre of excellence bagi produsen vaksin di negara Islam," kata Rahman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Segera Rilis Mi 8 Pro secara Global

Posted: 23 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi memastikan bahwa perusahaan bakal segera meluncurkan Mi 8 Pro secara global.

Informasi ini disebutkan oleh juru bicara global Xiaomi, Donovan Sung, melalui akun Twitternya.

Sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Senin (24/9/2018), melalui akun Twitter-nya, Donovan Sung menyebut, Mi 8 Pro akan diluncurkan secara global dalam waktu dekat. Dia juga mengatakan Mi 8 Pro bakal diluncurkan di seluruh pasar Xiaomi.

Selain memberi pengumuman, Donovan Sung juga berbagi sejumlah foto unit Mi 8 Pro yang masih ditempatkan dalam boksnya.

Adapun unit yang terlihat dalam foto Donovan Sung adalah varian Mi 8 Pro dengan bodi belakang transparan mirip dengan Mi 8 Explorer Edition dan Mi 8 Pro warna Twilight Gold.

Sekadar diketahui, Mi 8 Pro hadir dengan layar Amoled seluas 6,26 inci dan rasio aspek layar 18,7:9.

Fitur Keamanan Face Unlock dengan Infrared

Director of Product Management and Marketing, Xiaomi Global Donovan Sung. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Perangkat ini juga dibekali teknologi face unlock berbasis infrared seperti pada Mi 8. Infrared dimaksudkan untuk membuat smartphone bisa dibuka dalam kondisi gelap menggunakan Face ID.

Fitur keamanan lainnya adalah fingerprint scanner alias pemindai sidik jari yang sensornya ditempatkan pada layar.

Sebagai informasi, Mi 8 Pro sebelumnya melenggang di Tiongkok dan dijual mulai 21 September 2018.

Kemungkinan, peluncuran Mi 8 Pro secara global akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Konsumen di Eropa kemungkinan akan lebih dahulu mendapatkan perangkat tersebut.

Sayangnya, tidak jelas apakah Xiaomi akan menghadirkan Mi 8 Pro ke pasar Asia seperti Indonesia dan India atau tidak.

Spesifikasi Mi 8 Pro

Xiaomi Mi 8 Pro (Twitter @donovansung)

Mi 8 Pro merupakan perangkat premium dan disebut sebagai versi internasional dari Mi 8 Explorer.

Smartphone ini hadir dengan pemindai sidik jari di layar dengan fitur face unlock berbasis infrared.

Smartphone hadir dengan opsi warna blue dan gold, selain ada model transparan seperti Mi 8 Explorer. Perangkat juga melenggang dengan dua opsi RAM, yakni 6GB dan 8GB.

Mi 8 Pro memiliki layar 6,21 inci dan didukung chipset Snapdragon 845. Urusan fotografi diserahkan pada kamera utama berlensa ganda yang sama-sama beresolusi 12MP dan kamera selfie 20MP.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Buru Penyebar Video Pengeroyokan Suporter Persija

Posted: 23 Sep 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memburu orang yang merekam dan menyebarkan video pengeroyokan sadis terhadap pendukung Persija, Haringga Sirilla. Pemuda itu tewas dihajar puluhan Bobotoh di area parkir Gelora Bandung Lautan Api menjelang duel Persib Bandung kontra Persija Jakarta pada Minggu 23 September 2018.

"Ya kita cari, kita akan cari itu kan orang yang ada di sekitaran situ yang sebar," tutur Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Menurut dia, video pengeroyokan suporter Persija itu sangat tidak pantas untuk disebarluaskan. Dia pun meminta masyarakat ikut andil menghentikan penyebaran rekaman pengeroyokan sadis tersebut.

"Nah, itu jadi gini kita harap itu video yang tidak mendidik. Mungkin kalau kita terima cukup tahu aja, tapi tidak untuk disebarkan dan itu untuk pembelajaran. Itu imbauan saya. Siapa yang sebarkan kita kenakan UU ITE, itu kan UU jelas umbar kekerasan," jelas dia.

 

Tangkap 7 Tersangka

Sejauh ini, polisi telah meringkus tujuh tersangka pengeroyokan yang menewaskan salah seorang Jakmania. Sementara korban disemayamkan di Indramayu untuk nantinya dimakamkan.

"Makanya kita imbau aja. Gini, diimbau tidak untuk menyebar karena nggak ada pembelajaran yang baik kan. Video itu nggak beradab, tidak ada pembenaran untuk sebar video itu dan viralkan," Trunoyudo menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian ESDM Kapok Menangkan Perusahaan Duafa di Lelang Blok Migas

Posted: 23 Sep 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kapok memenangkan perusahaan abal-abal dalam lelang wilayah kerja atau blok minyak dan gas bumi (migas). Saat ini Kementerian ESDM memperketat sistem lelang untuk menghindari hal tersebut terjadi kembali.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, beberapa perusahaan pemenang blok migas merupakan perusahaan duafa. Hal tersebut terbukti ketika pihaknya melakukan tagihan kewajiban dan ternyata setelah didatangi kantornya fiktif.

"Kemarin kan banyak badan usaha duafa, kita tagih kantornya enggak ada," kata Djoko, di Jakarta, Senin (24/9/2018).

Oleh sebab itu, untuk menghindari perusahaan abal-abal memenangkan lelang Blok Migas, Kementerian ESDM sudah menerapkan pengetatan seleksi peserta lelang sehingga peserta lelang sudah dipastikan perusahaan yang kompeten.

"Sekarang kami cek dulu apakah perusahaan tersebut abal-abal atau tidak. kami cek dulu, kalau memang kompeten maka langsung masuk ke penawaran," tandasnya.

Operator Pailit, Kementerian ESDM Lelang Blok Migas West Kampar

Perusahaan-perusahaan hulu migas sering dianggap hanya berperan menyediakan pasokan energi dan menghasilkan penerimaan negara

Sebelumnya, Kementerian ESDM melelang blok atau wilayah kerja minyak dan gas bumi (wk migas) ‎West Kampar. Blok tersebut merupakan blok terminasi yang diputus kontraknya.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan, pihaknya kembali melelang blok migas produksi yang telah habis kontraknya, yaitu Blok West Kampar di Riau dan Sumatera Utara.

"Membuka lagi satu wilayah kerja yang sudah produksi," kata Djoko pada Rabu 19 September 2018. 

Djoko menuturkan, Blok West Kampar saat ini sudah ditinggalkan operator sebelumnya yaitu Sumatera Persada Energi. Hal itu karena kontraknya‎ diputus oleh Kementerian ESDM lebih awal dari yang ditetapkan, akibat perusahan tersebut memiliki masalah utang dan dinyatakan pailit.

"Karena ada masalah legal jadi nggak keurus, jadi kita putus saja," tutur Djoko.

Pemerintah ingin blok migas tersebut  cepat dikelola oleh operator baru. Lantaran blok tersebut memiliki potensi kandungan 4,3 miliar barel setara minyak, sedangkan cadangan terbukti 8,3 juta barel setara minyak, sementara produksi terakhirnya 112 barel. Pengembalian dokumen lelang mulai 19 September 2018-22 Oktober 2018.

‎"Kenapa kita cepat-cepat, kita melihat potensi lapangan sebelumnya dan kurang terus (produksinya). Ya sudahlah lelang saja, sudah produksi semoga meningkat," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Tertahan

Posted: 23 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona tertahan pada pekan ke-5 Liga Spanyol 2018-19. Bermain di kandang, Camp Nou, Senin (24/9/2019) dini hari WIB, Lionel Messi gagal meraih poin penuh.

Barcelona harus puas berbagi poin dengan Girona. Sempat unggul lewat gol Lionel Messi pada menit ke-19, Blaugrana berbalik tertinggal setelah Christian Stuani dua kali menjebol gawang Marc Andre-ter Stegen. Gol Gerard Pique di menit ke-63 membuat laga berakhir 2-2.

Meski hanya meraup satu poin, Barcelona kembali memuncaki klasemen sementara yang sempat diambil alih Real Madrid. Poin dengan sang rival memang sama-sama 13 poin, tapi Barcelona lebih berhak memuncaki klasemen.

Barcelona unggul selisih gol dari Real Madrid. Hingga pekan ke-5, selisih gol Barcelona 15-5, sedangkan Real Madrid 12-3.

Sementara peringkat ketiga klasemen diduduki Deportivo Alaves. Skuat racikan Abelardo itu mengantongi 10 poin hasil dari lima pertandingan.

Klasemen Liga Spanyol Pekan ke-5

Klasemen Liga Spanyol 2018-19 pekan kelima. (soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suporter Tewas, Anies Minta Jakmania Jaga Ketenangan

Posted: 23 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecam tindakan sejumlah oknum suporter Persib Bandung yang mengeroyok suporter Persija bernama Haringga Sirila

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kabar Baik, Badak Putih Langka Lahir di Prancis

Posted: 23 Sep 2018 08:44 PM PDT

Seekor induk badak putih bernama Lima berjalan dengan bayinya di Cagar Afrika Sigean (Aude), di Prancis, 21 September 2018. Kelahiran bayi badak putih itu merupakan harapan nyata spesies yang terancam punah. (AFP / RAYMOND ROIG)

Seekor induk badak putih bernama Lima berjalan dengan bayinya di Cagar Afrika Sigean (Aude), di Prancis, 21 September 2018. Kelahiran bayi badak putih itu merupakan harapan nyata spesies yang terancam punah. (AFP / RAYMOND ROIG)

Seekor induk badak putih bernama Lima berjalan dengan bayinya di Cagar Afrika Sigean (Aude), di Prancis, 21 September 2018. Bayi badak putih jantan seberat 50 kg itu lahir setelah delapan belas bulan kehamilan. (AFP / RAYMOND ROIG)

Seekor induk badak putih bernama Lima berjalan dengan bayinya di Cagar Afrika Sigean (Aude), di Prancis, 21 September 2018. Bayi badak putih jantan seberat 50 kg itu lahir setelah delapan belas bulan kehamilan. (AFP / RAYMOND ROIG)

Seekor induk badak putih bernama Lima berjalan dengan bayinya di Cagar Afrika Sigean (Aude), di Prancis, 21 September 2018. Kelahiran bayi badak putih itu merupakan harapan nyata spesies yang terancam punah. (AFP / RAYMOND ROIG)

Seekor induk badak putih bernama Lima berjalan dengan bayinya di Cagar Afrika Sigean (Aude), di Prancis, 21 September 2018. Kelahiran bayi badak putih itu merupakan harapan nyata spesies yang terancam punah. (AFP / RAYMOND ROIG)

Seekor induk badak putih bernama Lima berjalan dengan bayinya di Cagar Afrika Sigean (Aude), di Prancis, 21 September 2018. Bayi badak putih jantan seberat 50 kg itu lahir pada 4 September lalu. (AFP / RAYMOND ROIG)

Seekor induk badak putih bernama Lima berjalan dengan bayinya di Cagar Afrika Sigean (Aude), di Prancis, 21 September 2018. Bayi badak putih jantan seberat 50 kg itu lahir pada 4 September lalu. (AFP / RAYMOND ROIG)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Retina Sobek, Raul Lemos Jalani Operasi

Posted: 23 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada kabar kurang mengenakkan dari Raul Lemos. Baru-baru ini, dia disebutkan menjalani operasi retina. Hal ini dibenarkan sang istri, Krisdayanti. 

Saat ditemui di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (22/9/2018), diva yang akrab disapa KD itu menceritakan alasan Raul Lemos menjalani operasi retina. 

"Itu retinanya sudah robek karena gesekan atau benturan mungkin. Atau angkat barang berat tapi dia lupa terjadinya kapan. Tapi indikasinya mungkin setelah gempa Lombok yang pertama," tutur Krisdayanti.

Untungnya, kini keadaan Raul Lemos sudah mulai pulih.  "Udah baik, alhamdulillah. Udah berobat jalan tiga kali kontrol dokter di Klinik Mata Nusantara (Jakarta)," kata dia.

Kondisi Retina Mata Raul Lemos

Krisdayanti dan Raul Lemos (Instagram/@krisdayantilemos)

Krisdayanti menceritakan kondisi retina mata suaminya itu memang cenderung tipis. "Iya operasi retina matanya. Jadi mungkin sebagian orang retinanya itu ada yang ketebelan, ada yang tipis dan suamiku salah satu yang tipis," kata dia. 

"Jadi ketika ada ngangkat barang berat pas traveling atau mungkin pas ada gempa Lombok, dia lagi di Bali. Dia kena benturan apa gitu. Atau mandi buru-buru bisa juga, kena kucek-kucek juga. Jadi disarankan untuk segera operasi mata," kata dia menambahkan. 

Tak Boleh Terbang

Krisdayanti dan Raul Lemos. (Instagram/raullemos06)

Selama proses pemulihan, Krisdayanti mengatakan bahwa Raul Lemos tak diizinkan untuk terbang selama satu bulan. 

Karena kejadian ini, Krisdayanti dan keluarga pun memutuskan untuk tinggal sementara di Jakarta hingga keadaan Raul Lemos pulih benar. "Stay di Jakarta aja, semua urusan diurus di sini," kata dia. (Mita Anandayu/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Israel Gusur Desa Palestina di Tepi Barat, Paksa Warga Hancurkan Rumah Sendiri

Posted: 23 Sep 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Ramallah - Pemerintah Israel, pada Minggu 23 September 2018, mengumumkan akan menggusur desa di Tepi Barat Palestina yang dihuni oleh Suku Badui (Bedouin). Tel Aviv menetapkan jatuh tempo delapan hari agar warga setempat menghancurkan rumah mereka dan pergi meninggalkan desa.

Peringatan pada hari Minggu datang hanya beberapa pekan setelah Mahkamah Agung Israel menolak banding terhadap pembongkaran Desa Khan al-Ahmar, Tepi Barat.

Unit kementerian pertahanan Israel yang mengawasi urusan sipil di Tepi Barat mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Berdasarkan keputusan Mahkamah Agung, penduduk Khan al-Ahmar menerima pemberitahuan hari ini yang mengharuskan mereka untuk menghancurkan semua bangunan, (hingga jatuh tempo) pada 1 Oktober 2018," demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (24/9/2018).

"Jika Anda menolak, pihak berwenang akan menegakkan perintah pembongkaran sesuai keputusan pengadilan dan hukum."

Rencana Israel untuk menghancurkan desa, yang dihuni 180 orang, dan merelokasi penduduknya telah dikritik oleh Palestina dan menarik kecaman internasional.

Awal bulan ini, Inggris, Prancis, Jerman, Italia dan Spanyol memperbarui seruan mereka untuk Israel agar tidak menghancurkan desa, memperingatkan konsekuensi bagi penduduk, serta "prospek solusi dua negara".

Warga Menolak Pergi

"Tidak ada yang akan pergi. Kami harus diusir dengan paksa," kata juru bicara desa Eid Abu Khamis kepada Al Jazeera, menambahkan bahwa pertemuan warga akan diadakan kemudian tentang masalah itu.

Khamis mengatakan bahwa wacana penggusuran telah muncul sejak lama. Israel bahkan mengiming-imingi warga dengan menjanjikan akan memberikan insentif, jika mereka sepakat untuk pindah. Namun, warga menolak, mengatakan bahwa tanah itu adalah hak mereka sebagai warga Palestina.

"Jika kami ingin mengambil insentif ini, kami akan mengambilnya 30 tahun lalu, insentif terus berdatangan tetapi kami semua menolak.

"Kami tinggal di tanah kami, kami tidak akan pergi hanya karena paksaan."

Yousef Abu Dahouk, ayah empat anak berusia 37 tahun, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pasukan Israel memasuki desa dan mengayunkan persenjataan berat di depan anak-anak dekat sekolah yang juga diperkirakan akan dihancurkan.

"Pasukan Israel mencoba memasuki sekolah tetapi para aktivis mencegah mereka. Setelah itu, mereka berjalan di sekitar desa, di antara rumah-rumah dan menjelajahi tempat itu, mencoba mencari tahu berapa banyak aktivis yang ada. Lalu mereka pergi."

 

Simak video pilihan berikut:

Khan al-Ahmar dan Proyek Perluasan Pemukiman Israel

Palestina (iStock)

Khan al-Ahmar terletak beberapa kilometer dari Yerusalem, di antara dua pemukiman ilegal Israel utama, Maale Adumim dan Kfar Adumim, yang ingin dikembangkan oleh pemerintah Israel.

Penghapusan desa yang mayoritas dihuni oleh Suku Badui itu memungkinkan pemerintah Israel untuk secara efektif memotong Tepi Barat menjadi dua.

Penduduk desa adalah anggota Suku Badui Jahalin, yang diusir dari tanah mereka di gurun Naqab (Negev) oleh militer Israel pada 1950-an.

Mereka mengungsi dua kali, sebelum mereka menetap di Khan al-Ahmar, jauh sebelum pemukiman ilegal Israel di sekitarnya ada.

Komunitas kecil dari 40 keluarga tinggal di tenda-tenda dan gubuk-gubuk diklasifikasikan oleh Persetujuan Oslo 1993 sebagai Area C, yang menyumbang 60 persen dari Tepi Barat dan berada di bawah kendali administrasi dan keamanan total Israel.

Keputusan Mahkamah Agung Israel untuk menggusur desa itu sebagian besar didasarkan pada premis bahwa lokasi tersebut dibangun tanpa izin Israel --yang Palestina katakan tidak mungkin diperoleh karena perluasan permukiman ilegal Yahudi di sana.

Data PBB menunjukkan otoritas Israel telah menyetujui hanya 1,5 persen dari semua permintaan izin pengembangan pemukiman warga Palestina antara 2010 dan 2014.

Pada awal Juli, buldoser Israel menghancurkan sejumlah tenda dan bangunan lain di Khan al-Ahmar, yang memicu konfrontasi dengan penduduk setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pendukung Persib yang Tewaskan Haringga Sirilla Ditangkap

Posted: 23 Sep 2018 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi bergerak cepat mengejar pelaku pengeroyokan yang menewaskan suporter Jakmania bernama Haringga Sirilla. Ada tujuh tersangka yang diringkus tidak lama usai peristiwa itu.

"Iya (sudah ada yang ditangkap). Tersangka tujuh (orang) sudah diamankan Polrestabes Bandung," tutur Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo saat dikonfirmasi, Senin (24/9/2018).

Kasus itu ditangani oleh Polrestabes Bandung yang dibantu Polda Jawa Barat. Usai autopsi, jenazah Haringga langsung diberangkatkan ke Indramayu untuk dimakamkan.

"Enggak (ke Jakarta). Ke Indramayu itu dia orang Indramayu. Ibunya orang Indramayu," jelas Trunoyudo.

Duka Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyesalkan pengeroyokan yang menyebabkan kematian salah satu Jakmania bernama Haringga Sirilla. Dia pun meminta polisi mengungkap tuntas kasus tersebut.

"Kita semua berduka atas kejadian pengeroyokan hingga tewas seorang suporter, Haringga, yang kejadiannya kemarin di Bandung. Kita mengharapkan pengusutan lengkap hingga tuntas semua pelaku-pelakunya dan hukum ditegakkan seadil-adilnya," kata Anies Baswedan di kawasan Monas.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Nyata Nick Young Crazy Rich Asians di Instagram Henry Golding

Posted: 23 Sep 2018 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film Crazy Rich Asians meninggalkan kesan mendalam tentang seorang pria tampan Nick Young yang rela berkorban segalanya demi wanita yang diinginkan, serta tak segan menunjukkan segala bentuk cinta dan kasih sayang secara gamblang.

Ah, klasik. Tokoh tersebut hanya ada dalam rekaan novel cinta atau film saja. Namun, nyatanya sosok Nick Young dalam film dan novel terdapat dalam dunia nyata yang tak lain diperankan oleh Henry Golding.

Ya, sutradara film Crazy Rich Asians Jon Chu mengaku langsung kepincut dengan Golding saat melihat berbagai postingan-nya di Instagram. Terutama berkaitan dengan hal pribadi yaitu kisahnya dengan sang istri Liv Lo.

Berikut ini beberapa posting-an Golding di Instagram yang pasti bikin wanita bahagia dan bisa jadi memotivasi pria untuk melakukan hal yang sama dalam Instagramnya.

 

Rutin Liburan Bareng

Henry Golding dan Liv Lo (Instagram @henrygolding)
 
 
 
View this post on Instagram

The love of my life 😊

A post shared by Henry Golding (@henrygolding) on

 
 
 
View this post on Instagram

Exploration with loved ones is key to a happy life ❤️

A post shared by Henry Golding (@henrygolding) on

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Henry Golding (@henrygolding) on

Pesan Romantis

 
 
 
View this post on Instagram

I'm coming home @livvlo! ❤️

A post shared by Henry Golding (@henrygolding) on

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Henry Golding (@henrygolding) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penyebab LPG 3 Kg Langka di Temanggung

Posted: 23 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menduga kelangkaan Liquified ‎Petroleum Gas (LPG) bersubsidi 3 kilo gram (kg) di Temanggung, Jawa Tengah, disebabkan oleh petani tembakau yang mengeringkan hasil panennya menggunakan bahan bakar tersebut.

‎Unit Manager Communication & CSR MOR IV PT Pertamina (Persero), Andar Titi Lestari, mengatakan indikasi sulitnya warga mendapatkan LPG 3 kg di Temanggung, murni karena ada peningkatan kebutuhan saat musim panen tembakau.

LPG bersubsidi ini dialihfungsikan oleh petani untuk mengeringkan tembakau atau yang biasa disebut dengan omprongan.

"Padahal pemerintah sebelumnya telah menghimbau petani untuk menggunakan oven batu bara, cangkang sawit, cangkang kemiri, kayu turi, atau elpiji 12 kilogram untuk kegiatan omprongan ini, mengingat jumlah bahan bakar yg diperlukan sangat banyak dan dapat menganggu pasokan LPG 3kg di wilayah tersebut," kata Andar, di Jakarta, Senin‎ (24/9/2018).

Untuk memastikan pasokan LPG 3 kg aman, serta menindaklanjuti isu kelangkaan LPG 3 kg di Temanggung, akibat LPG 3 kg yang diduga digunakan petani untuk omprongan saat panen tembakau, Pertamina menyiapkan penambahan fakultatif guna memenuhi kebutuhan masyarakat sebanyak 18.480 tabung pada periode ini. 

"Sebagai contoh, hari ini diberikan penambahan 1.667 tabung, Sehingga total penyaluran hari ini di Temanggung sebanyak 23.320 tabung dari rata-rata penyaluran normal harian di Kab Temanggung yaitu 21.643 tabung per hari," ujar Andar.

 

Alokasi Tabung per Bulan

Pekerja memasukan tabung Elpiji 3 kg ke dalam truk di Depot LPG Tanjung Priok, Jakarta, Senin (21/5). Produk Elpiji di wilayah MOR III meliputi yang provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten mengalami kenaikan permintaan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pertamina sebelumnya telah melakukan penambahan fakultatif sebanyak 17.803 tabung di wilayah Temanggung yang disalurkan selama minggu ini. Alokasi normal adalah 541.080 tabung per bulan, sehingga Pertamina pada bulan ini telah menyalurkan 559.560 tabung untuk wilayah Temanggung.

Andar menuturkan, Pertamina selalu siap  menyediakan kebutuhan LPG untuk masyarakat. Sebagai informasi, kebijakan penerapan distribusi LPG 3 kg berbeda dengan nonsubsidi. Hal ini mengikuti Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG. Telah diatur pada pasal 18 – 20 tentang pendistribusian LPG dan pengguna LPG tertentu dalam hal ini adalah LPG 3kg.  Pertamina hanya bertanggung jawab melakukan pengawasan sampai dengan pangkalan LPG 3kg.

"Kami sangat memerlukan keikutsertaan pengawasan dari Pemda dan Kepolisian, serta kami mengajak dan meminta seluruh lapisan masyarakat juga untuk turut berperan serta mewujudkan pendistribusian dan penyaluran LPG bersubsidi yang tepat sasaran," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batu Penarung di Sungai Ciliwung

Posted: 23 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lima orang bocah asyik bermain di Sungai Ciliwung, Balekambang, Condet, Jakarta Timur. Bau menusuk hidung, hitam pekat, serta limbah rumah tangga yang mengendap di sungai yang menjadi peradaban tertua di Jakarta ini tidak menghalangi keceriaan mereka.

Sungai sepanjang 120 kilometer yang membelah Jakarta tersebut mendadak mencuat. Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Ciliwung memiliki keindahan bak Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Dalam kunjungan kenegaraannya ke Korea Selatan, Presiden Jokowi kagum dengan kebersihan sungai yang membelah Ibu Kota Korea Selatan ini.

"Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa," kata Jokowi dengan nada optimistis, saat berjalan di pinggir sungai, dikutip Liputan6.com dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa, 11 September 2018.

Meski demikian, tidak mudah untuk menata sungai yang hulunya di Gunung Pangrango ini. Problematika Sungai Ciliwung tak lepas dari eksistensinya sebagai ikon penting dari Kota Jakarta. Sungai ini mengalir melalui Kabupaten dan Kota Bogor, Depok, dan bermuara di Teluk Jakarta. Ciliwung memiliki sejarah panjang dengan kehidupan penduduk Ibu Kota.

 

Sungai sepanjang 120 kilometer yang membelah Jakarta tersebut mendadak mencuat. Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Ciliwung memiliki keindahan bak Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. (Liputan6.com/Melissa Octavianti)

Kini Ciliwung diokupasi karena harganya yang relatif murah dan mudah dicapai. Banyaknya warga yang menetap di pinggiran sungai kemudian menimbulkan permasalahan. Menurut Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak, ada sekitar 250.000 jiwa atau 37.000 kepala keluarga yang mendiami bantaran Sungai Ciliwung per tahun 2013.

Banyaknya jumlah penduduk yang bermukim di sepanjang Sungai Ciliwung membuat lebar sungai terus menyempit. Selain itu, tak sedikit pula pabrik yang berdiri di sepanjang sungai dan menyalahgunakan lahan kosong.

Namun, permasalahan lahan bukan jadi satu-satunya problem yang perlu dibenahi. Banyaknya penduduk dan pabrik di sepanjang Ciliwung menimbulkan permasalahan lain, yaitu sampah.

Data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat, tonase sampah badan air di tahun 2018 paling tinggi berada di angka 8.162,44 ton di bulan Maret.

Sementara itu, data terakhir di bulan Juli menunjukkan penurunan tonase sampah badan air sebesar 1.225,58 ton menjadi 6.936,86 ton. Angka fantastis sampah yang memenuhi sepanjang sungai.

 

Problematika Ciliwung

Sungai sepanjang 120 kilometer yang membelah Jakarta tersebut mendadak mencuat. Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Ciliwung memiliki keindahan bak Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. (Liputan6.com/Melissa Octavianti)

Menurut Ketua Komunitas Condet Kita Foundation, Lantur, pemerintah saat ini hanya melihat Sungai Ciliwung sebagai sampah dan aliran limbah tanpa pernah melihat Ciliwung dari sisi sejarah besarnya. Dia menilai, pemerintah saat ini tidak konsisten dan perbedaan rezim berujung pada perbedaan kebijakan.

"Pada zaman gubernur yang lalu misalnya sangat memberdayakan bagaimana menghidupkan komunitas-komunitas yang ada di bantaran Sungai Ciliwung. Mereka diberikan pendidikan segala macam, tentang bagaimana bercocok tanam segala macam, kegiatan-kegiatan positif untuk masyarakat. Terus ini tidak dilanjutkan, terputus," jelas Lantur saat ditemui di bengkelnya di Balekambang, Kramatjati, Senin, 17 September 2018.

Lantur menyebut bahwa kunci dari pembenahan Sungai Ciliwung adalah regulasi, ketegasan, dan komitmen pemerintah. Tidak hanya puas dengan menjadi lebih baik daripada sungai lain, tetapi juga memperhatikan barometer lingkungan, seperti makhluk hidup yang ada di sungai.

Lantur juga mengkritisi kriteria Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) yang bekerja di sungai. Menurut dia, petugas yang bekerja di sungai seharusnya berasal dari masyarakat sekitar bantaran sungai yang benar-benar paham tentang sungai itu sendiri.

"Bukan seperti orang buka lowongan pekerjaan, terima orang yang penting masuk kriteria. Akhirnya begitu turun ke kali ternyata mereka nggak bisa berenang. Nah, ini kan lucu, PPSU sungai enggak bisa berenang. 'Bang jangan, katanya Ciliwung banyak cerita mistis, kita enggak berani'. Nah ini kenapa direkrut orang-orang ini," kritiknya.

 

Dua Anggota Polantas Polres Bogor memungut sampah saat kegiatan aksi bersih sungai di kawasan aliran Sungai Ciliwung, gadog, Bogor (20/9). Aksi bersih sungai dalam rangka HUT lalu lintas ke-63. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sementara, pegiat dan pengamat sungai, Sudirman Asun, menyatakan persoalan sungai masih berdasarkan administrasi pemerintahan. Pemerintah dinilainya masih tidak terintegrasi.

"Pemerintah daerah hulu Jawa Barat, pemerintah di daerah hilir DKI Jakarta itu tidak nyambung. Mereka ya berjalan sendiri-sendiri," ujarnya saat ditemui di Kedai Jatam, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 September 2018.

Keadaan tersebut menyebabkan adanya tumpang tindih kewajiban antara dua pemerintah daerah. Pendiri Ciliwung Institute ini menyebut seharusnya pemerintah membuat badan khusus yang menyatukan berbagai lembaga terkait ke dalam satu payung hukum.

"Kami dorong itu bahwa ada Badan Nasional Sumber Daya Air yang memang bisa memfasilitasi semua kebijakan di situ baik PU, Kementerian Lingkungan Hidup, pemerintah provinsi atau pemerintah daerahnya sendiri," dia menuturkan.

Pria yang akrab disapa Asun ini tampak pesimistis saat membicarakan masalah sungai di Indonesia. Pasalnya, pemegang kebijakan sungai di tingkat pusat adalah Kementerian Pekerjaan Umum yang bergerak di bidang engineering.

"Jadi, solusi selama ini di Indonesia itu infrastruktur. Beton, dam, bendungan. Nah, persoalan sungai sebenarnya itu kan lebih besar," katanya.

Perspektif Keliru

Sungai sepanjang 120 kilometer yang membelah Jakarta tersebut mendadak mencuat. Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Ciliwung memiliki keindahan bak Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. (Liputan6.com/Melissa Octavianti)

Pembetonan dan relokasi masyarakat pinggir sungai yang dilakukan pemerintah dinilai menghilangkan budaya sungai yang ada di Indonesia. Ia mengkritisi pernyataan yang sempat dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok tentang nenek moyang bangsa Indonesia yang keliru karena tinggal di tepi sungai.

"Orang di pinggir sungai itu paling terbuka untuk pendatang, ada transfer teknologi, ada perputaran ekonomi. Mereka lebih maju dari orang gunung. Terbalik sekarang ini ketika era jalan raya, sungai-sungai ditinggalkan. Sungai jadi tempat-tempat orang termarjinalkan, orang-orang tidak mampu, yang cari kontrakan, jadi terbalik," jelas Asun.

Asun memuji konsep naturalisasi sungai yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan. Konsep itu pun masih sulit dilakukan karena PU-lah yang memiliki kebijakan paling besar, sementara DKI hanya punya kebijakan untuk pembebasan lahan dan itu pun masih bermasalah hingga saat ini.

Pekerjaan rumah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini adalah bagaimana melakukan penawaran kepada pemerintah pusat bahwa pemerintah DKI bisa menata sungai mereka dengan konsep alamiah.

"Naturalisasi itu benar, cuma ke teknis ya bagaimana itu jadi ada payung hukum. Misalnya SK Gubernur, bisa enggak Anies itu menurunkan penataan sungai se-Jakarta itu dalam bentuk payung hukum buat ke pusat," ujarnya.

 

Upaya Pemerintah

Warga melewati jembatan bambu di atas Sungai Kalibaru yang sudah menjadi tumpukan sampah di Kampung Bambu Kuning, Bojong Baru, Bogor (12/9). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Jauh sebelum mimpi Sungai Ciliwung seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul hinggap di benak Jokowi, Pemprov DKI Jakarta sudah mengerahkan sekitar 4.000 PJLP yang setiap harinya bertugas di beberapa titik lokasi penanganan untuk membersihkan sampah di setiap suku dinas di DKI Jakarta, termasuk di Sungai Ciliwung.

Pekerja yang dikenal juga dengan Pasukan Oranye ini bekerja selama delapan jam sehari mulai dari pukul 07.30 hingga 16.30. Mereka diawasi oleh pemantau dari PJLP yang bertugas mengawasi tiap kecamatan.

Di atasnya, masih ada pemantau yang berasal dari pegawai negeri sipil yang bertanggung jawab atas tiga hingga empat kecamatan dan melaporkan hasilnya ke Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) yang menangani satu kota.

Laporan tersebut nantinya berbentuk absensi, data jumlah kubikasi sampah yang terangkut, hingga perbandingan luas aliran sungai dengan jumlah PJLP yang dipekerjakan.

Tak hanya pemantauan dari manusia, kinerja mereka pun dimonitor closed circuit television (CCTV) yang terhubung langsung ke Command Center yang ada di Dinas Lingkungan Hidup dan tim media sosial yang bertugas mendokumentasikan hasil pekerjaan PJLP tersebut. 4.000 PJLP ini bekerja secara mobile bergantung pada wilayah mana yang membutuhkan tenaga lebih.

"Karena sifatnya sampah mengalir, jadi kadang ada sampahnya kalau airnya lagi surut. Kalau lagi tinggi (airnya), enggak kelihatan," jelas Staf Media Sosial UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Uli Rahmadini kepada Liputan6.com.

Pasukan oranye tidak hanya diberikan alat-alat seperti perahu, pembersih, sepatu khusus, sarung tangan, dan rompi, tetapi juga ada 113 unit alat berat sarana penunjang kebersihan badan air seperti berbagai jenis excavator, kapal, crane yang ditempatkan di daerah perbatasan dan pendangkalan aliran sungai untuk menangani pembersihan sungai dari sampah.

Meski demikian, Uli juga mengakui bahwa masih banyak titik-titik yang belum masuk ke lokasi penanganan Dinas Lingkungan Hidup. Hal ini karena lokasi yang terlalu terpencil, sehingga akses alat berat terhambat.

"Kalau di permukiman warga di Kali Gendong di Cilincing, itu berada di dalam permukiman warga. Akses untuk masuk cuma bisa dua motor yang bersebelahan, maka untuk ngangkut itu petugas perlu nenteng sampai jalan besar baru bisa diangkut ke truk sampah," ujar Uli.

 

Sanksi untuk Pembuang Sampah ke Sungai

Seorang anak bermain di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta, Jumat (7/9). Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengungkapkan 61% aliran sungai di Jakarta mengalami pencemaran berat berasal dari limbah domestik dan indsutri. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tak hanya pembersihan sampah di sungai, Dinas Lingkungan Hidup juga memiliki bidang pengawasan dan penaatan hukum untuk menindak oknum-oknum yang melakukan pencemaran lingkungan.

Anggota Seksi Pengawasan Lingkungan dan Kebersihan, Prihatma, menyatakan pengawasan tersebut awalnya berasal dari dokumen, yakni hasil laboratorium terhadap limbah perusahaan. Bila ada yang tidak melaporkan atau tidak sesuai standar baku, maka perusahaan itu akan diberikan peringatan. Tingkatan selanjutnya adalah penindakan ke lapangan dengan menutup saluran pembuangan limbah.

"Jadi, dia harus disedot ke perusahaan yang mengolah limbah, misalnya di Jakarta ada PD PAL, jadi dia bayar ke PD PAL," tutur Prihatma.

Bila perusahaan tersebut masih tidak mengindahkan penindakan yang dilakukan oleh Bidang Pengawasan dan Penaatan Hukum, maka izinnya akan direkomendasikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta untuk dicabut.

Berdasarkan data yang didapat dari website resmi Dinas Lingkungan Hidup, jumlah perusahaan yang diawasi secara langsung di tahun 2017 dan 2018 mengalami sedikit penurunan. Pada 2017, ada 11 dari total 97 perusahaan yang memenuhi standar baku Dinas Lingkungan Hidup sementara pada Maret 2018 hanya tiga dari total 86 perusahaan yang menaati standar baku tersebut dan empat perusahaan yang menaati dokumen lingkungan, tetapi tidak memiliki data ketaatan lainnya karena tidak dilakukan pengambilan sampel air limbah.

Dari data di atas dapat dilihat bahwa terjadi penurunan jumlah perusahaan yang menaati standar baku Dinas Lingkungan Hidup, kontras dengan pernyataan Prihatma yang menyebut bahwa sanksi administrasi hingga pencabutan izin itu efektif.

Terkait perusahaan-perusahaan yang berada di Bantaran sungai Ciliwung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji mengungkapkan bahwa kebijakan ini bersifat dilematis.

"Saat berhadapan dengan masyarakat menengah ke bawah yang butuh pergerakan ekonomi untuk menghidupi kehidupan mereka, kita kan kaya dilematis. Kita cabut izinnya dia tidak bisa berusaha, menambah pengangguran," ungkap Isnawa saat ditemui di kantornya di Dinas Lingkungan Hidup, Cililitan, Jakarta Timur.

 

Jasa perahu getek saat mengantar warga menyeberangi Kali Ciliwung yang tengah dipenuhi sampah, Jakarta, Selasa (4/9). Sampah yang mencemari Kali Ciliwung terjadi dari hulu hingga hilir. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Solusi terbaik menurut Isnawa adalah mengedukasi pemilik bisnis bahwa usahanya harus ramah lingkungan, menggunakan water treatment ataupun penampungan sementara. Peran RT dan RW yang dianggap lebih dekat dengan warganya pun penting untuk mengingatkan serta menegur warga yang masih membuang limbah ke sungai.

Untuk koordinasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat pun masih harus dijembatani oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan untuk membantu revitalisasi Sungai Ciliwung. Hal ini dikarenakan perbedaan anggaran serta skala prioritas di kedua daerah tersebut.

"Mungkin DKI dengan anggaran sekian triliun, sungai menjadi salah satu prioritas. Saya mohon maaf untuk daerah sana, boro-boro untuk sungai, mungkin untuk sekolah saja dia belum," jelas Isnawa.

Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup sendiri baru sampai level membersihkan sampah yang ada di permukaan air. Pekerjaan rumah terbesar dinas ini adalah pengembalian air sungai ke standar baku air. Pada pantauan pertama, air Sungai Ciliwung tercemar berat dengan adanya bakteri e colli yang jumlahnya ratusan kali lipat dari standar baku air yang layak.

Berbicara soal harapan Presiden Jokowi yang ingin mengubah Sungai Ciliwung menjadi sebersih Sungai Cheonggyecheon, Iswana menganggap kedua sungai tersebut tidak bisa dibandingkan karena karakteristik, permasalahan, dan tantangan alam yang berbeda.

"Tantangan kita untuk mewujudkan seperti Cheonggyecheon itu bisa, asal semuanya bekerja, semuanya care sama Ciliwung," harap Iswana.

Iswana menambahkan, faktor limbah masih menjadi pekerjaan rumah berat bagi Dinas Lingkungan Hidup.

(Liputan6.com/Melissa Octavianti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 2018, Siaran Langsung Senin 24 September

Posted: 23 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bali United bakal menjamu PS Tira malam (24/9/2018) ini WIB dalam lanjutan kompetisi GO Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak di Stadion Kapten Dipta, Gianyar, Bali.

Tim asuhan Widodo C. Putro berniat melanjutkan tren positif setelah tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir. Bali United merebut empat kemenangan dan sekali imbang.

Kemenangan atas PS Tira akan membuat Bali United mendekati Persib Bandung di klasemen sementara Liga 1 2018. Namun, mengalahkan PS Tira bukan perkara mudah bagi Serdadu Tridatu.

Apalagi, pasukan Nilmaizar itu bertekad bangkit usai kalah dari PSM Makassar di pertandingan sebelumnya. Partai antara Bali United kontra PS Tira patut ditunggu.

Pertandingan Liga 1 tersebut menjadi satu-satunya yang digelar hari ini. Berikut jadwal pertandingan kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia, Senin (24/9/2018).

Jadwal Liga 1 2018

Bali United vs PS Tira

Jadwal Liga 1 2018 Senin (24/9/2018)

Bali United vs PS Tira - 18.30 WIB (O Channel)

Prakiraan Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya, Agus Nova, Dallen Ramadhan, Ricky Fajrin; Taufiq, Brwa Nouri, Van der Velden; Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Nyoman Sukarja

Pelatih: Widodo C. Putro

PS Tira (4-2-3-1): Angga Saputra; Kasim Slamat, Abu Bakr, Didik Wahyu, Abduh Lestaluhu; Izmy Yaman, Manahati Lestusen; Wawan Febriyanto, Jeon Woo-Young, Dmitriy Rekish; Aleksandar Rakic

Pelatih: Nilmaizar

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Permintaan Terakhir Gamer Main Super Smash Bros Ultimate

Posted: 23 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Permintaan terakhir seorang gamer untuk bermain Super Smash Bros Ultimate, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi akhir pekan, Minggu (23/9/2018).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang cukup menarik perhatian pembaca, seperti isi komponen dari iPhone XS Max dan kisah pria yang tinggal di Silicon Valley selama 40 tahun dan berhasil meluluhkan Intel.

Untuk lebih lengkap, simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Nintendo Kabulkan Permintaan Terakhir Gamer Main Super Smash Bros Ultimate

Baru-baru ini, Nintendo mengabulkan salah satu gamer setianya untuk memainkan gim Super Smash Bros Ultimate lebih awal.

Adapun gamer tersebut adalah Chris Taylor. Diketahui, Taylor didiagnosis menderita osteosarkoma, suatu penyakit kanker tulang sejak tiga tahun yang lalu.

Setelah melalui pertarungan yang melelahkan, ia pun memutuskan untuk menghentikan perawatannya di awal tahun ini.

Sadar tidak memiliki umur yang panjang, Taylor pun mem-posting keinginannya untuk bermain gim Super Smash Bros Ultimate (rilis Desember 2018) kemungkinan besar tak akan terwujud.

Selengkapnya baca di sini

2. Dibanderol Rp 21,5 Jutaan, Seperti Apa Jeroan iPhone XS Max?

iPhone XS telah dijual di sejumlah negara, Singapura dan Australia adalah dua di antara negara yang sudah kebagian iPhone XS dan iPhone XS.

Nah, baru saja dijual ke pasaran, tim reparasi iFixit sudah membongkar perangkat yang dibanderol cukup mahal itu. iFixit pun mengungkap seperti apa tampilan dalam iPhone XS dan iPhone XS.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Minggu (23/9/2018), iPhone XS memiliki desain yang serupa dengan iPhone X. Sementara pada iPhone XS yang beda hanya layarnya yang jauh lebih besar.

Selengkapnya baca di sini

3. 40 Tahun di Silicon Valley, Pria Indonesia Ini Berhasil Luluhkan Intel

Silicon Valley bisa dibilang sebagai kawasan industri teknologi paling prestisius di dunia.

Namun siapa sangka, di antara pegiat teknologi jenius kenamaan yang bekerja di sana, ada beberapa anak bangsa yang turut menimba ilmu di Silicon Valley, salah satunya adalah Rick Bleszynski.

Rick Bleszynski sendiri adalah salah satu dari beberapa yang berhasil mencoba peruntungan melanjutkan hidup di Amerika Serikat (AS). Upayanya bertolak ke Negeri Paman Sam sendiri pun bisa dibilang tak mudah.

Kepada Tekno Liputan6.com, pria yang karib disapa Rick ini bercerita kalau ia pindah ke Silicon Valley pada 1978.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: