Minggu, 02 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bahas Investasi Hyundai, Menko Darmin Panggil Bos BKPM dan Menperin

Posted: 02 Sep 2018 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

Rapat tersebut membahas mengenai rencana investasi Hyundai di Indonesia. Airlangga mengatakan, ada beberapa isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Di antaranya mengenai lahan untuk investasi Hyundai dan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan kunjungan ke Korea Selatan pada November 2018.

"Ada beberapa pembicaraan, tapi secara spesifik, belum ada yang akan dikeluarkan (diputuskan)," ujar Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (3/9/2018).

Terkait lahan, hingga kini Hyundai masih mempermasalahkan biaya penyewaan lahan di Indonesia. "Indonesia ini lahan semua ada nilainya, di Korea juga ada nilainya, yang biasa-biasa saja," kata Airlangga. 

Airlangga mengatakan, untuk menarik investasi pemerintah telah menyiapkan berbagai insentif seperti tax allowance dan tax holiday. Insentif-insentif ini diyakini mampu menarik minat investor masuk ke Indonesia. 

"Kalau kami insentif semua yang ada saja, tax holiday. Tapi persoalannya bukan itu. Kalau bicara industri otomotif sekarang ini beberapa industri strukturnya sudah dalam, termasuk industri kemarin dari investor China, itu investasinya besar," ujar dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

 

Investasi di Bawah Rp 500 Miliar Bakal Dapat Tax Holiday

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Sebelumnya, Pemerintah berencana kembali memodifikasi skema tax holiday untuk mendorong masuknya investasi di Indonesia. Direktur Jenderal Pajak Kementerian keuangan Robert Pakpahan menjelaskan, modifikasi yang tengah digodok adalah memperkecil nilai investasi yang akan mendapat tax holiday.

Saat ini, investor yang mendapat insentif tax holiday adalah mereka yang berinvestasi di atas Rp 500 miliar.

"Nantinya nilai investasi diturunkan di bawah Rp 500 miliar. Jadi antara Rp 100 miliar sampai dengan Rp 500 miliar," jelas dia, Jumat 31 Agustus 2018.

Fasilitas yang akan diberikan oleh pemerintah adalah perusahaan bisa mendapat kebebasan pembayaran Pajaka Penghasilan (PPh) Badan hingga 100 persen.

Tetapi memang, kebebasan pembayaran PPh badan antara mereka yang berinvestasi lebih dari Rp 500 miliar dengan di bawah Rp 500 miliar akan berbeda.

Robert menjelaskan, perubahan aturan tax holiday ini bisa keluar secepatnya sehingga bisa mendorong investasi di Indonesia. Revisi aturan tax holiday ini akan berlaku untuk investasi baru.

Memang, dengan adanya tax holiday ini berpotensi mengurangi pendapatan pemerintah dari PPh Badan. Tetapi dengan adanya investasi baru akan menambah, menurut Robert, akan menambah penghasilan dari PPh pribadi dari karyawan dan juga Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari pembelian barang-barang untuk produksi.

Munculnya rencana untuk memodifikasi aturan tax holiday ini karena ada keluhan dari beberapa pihak bahwa yang bisa memanfaatkan keringanan pajak tersebut hanya industri yang besar saja. Sedangkan pengusaha kecil juga membutuhkan keringanan pajak.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Pede City Bisa Kejar Liverpool

Posted: 02 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengaku yakin timnya bisa mengejar Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

City menang tipis 2-1 atas tamunya Newcastle United pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (2/9/2018) dinihari WIB. Kemenangan itu menempatkan The Citizens di posisi empat klasemen.

Sergio Aguero dan kawan-kawan tertinggal dua poin dari Liverpool di singgasana. Guardiola pun yakin timnya bisa menyalip The Reds seperti musim lalu.

"Kami memiliki poin yang sama seperti musim lalu . Lawan kami memiliki lebih banyak poin saat itu, tapi Chelsea kemudian kehilangan poin dan Liverpool juga. Kami tahu kualitas mereka. Kami ingin kembali ke level terbaik, tetapi saya sangat terkejut dengan apa yang terjadi musim lalu," kata Guardiola seperti dilansir Soccerway.

Belum di Puncak Performa

(AP Photo/Jon Super)

Menurut Guardiola, timnya belum di puncak penampilan musim ini.

"Kami akan berkembang. Hampir tidak mungkin setelah Piala Dunia, setelah apa yang terjadi musim lalu, secara mental untuk para pemain dan semua orang berada dalam kondisi terbaik. Kami membutuhkan lebih banyak waktu dan setelah jeda internasional nanti, musim dimulai dengan benar dalam hal pertandingan setiap tiga hari."

"Apa yang harus kami lakukan adalah apa yang harus kami lakukan, mencoba menjadi lebih baik dari lawan di setiap pertandingan. Mencoba untuk mengikuti apa yang kami bicarakan dan persiapkan. Kami ingin mencetak lebih banyak gol, tetapi kami juga sudah banyak menciptakan peluang," Guardiola menambahkan.

Lawan Fulham

City baru akan kembali main pada 15 September mendatang. The Citizens bakal menjamu Fulham di Etihad Stadium.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Diwisuda, Mahasiswi Asal Papua Ditemukan Tewas di Kamar Kos

Posted: 02 Sep 2018 10:11 PM PDT

Patroli Indosiar, Papua - Seorang perempuan tewas di dalam kamar kosnya. Peristiwa tersebut membuat warga Seringgu, Merauke, Papua, geger karena korban baru saja wisuda bergelar sarjana.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (3/9/2018), bau menyengat menyeruak dari dalam kamar kos korban.

Korban bernama Betty yang baru saja diwisuda, diketahui baru seminggu menempati kamar kos tersebut.

Seorang wanita kerabat korban langsung menangis mendapati Betty tak lagi bernyawa. Melihat kondisi fisik dan mengeluarkan bau tak sedap, polisi menduga kematian Betty sudah sekitar tiga hari lalu.  

Polisi membawa jasad korban untuk diotopsi agar diketahui penyebab kematian.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Pastikan Pemimpin ISIS Afghanistan Tewas Oleh Serangan Udara Koalisi

Posted: 02 Sep 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Nangarhar - Militer Amerika Serikat mengonfirmasi pada Minggu 2 September 2018 bahwa pemimpin ISIS di Afghanistan telah tewas dalam serangan udara yang dilancarkan lebih dari sepekan lalu.

Serangan udara itu, yang dilancarkan pada Sabtu 25 Agustus, menargetkan wilayah timur provinsi Nangarhar dan menewaskan Abu Sayed Orakzai alias Abu Saad Erhabi, menurut pernyataan dari pasukan AS di Afghanistan, seperti dikutip dari CNN, Senin (3/9/2018).

Selain Abu Sayed, serangan udara itu juga menewaskan 10 militan ISIS Afghanistan lainnya, menurut juru bicara provinsi Nangarhar, Attaullah Khogyani.

"Amerika dan sekutunya berada di Afghanistan untuk mempertahankan tekanan pada jaringan teroris trans-regional yang mencoba untuk merencanakan serangan langsung dari sini," Jenderal Angkatan Darat Scott Miller, komandan pasukan AS dan NATO di Afghanistan, mengatakan dalam sebuah pernyataan, Minggu 2 September.

"Ini hanya bagian dari kerja koalisi menuju solusi keamanan Afghanistan, tetapi ini adalah bagian yang vital."

Miller resmi mengambil alih komando pasukan pimpinan NATO pada upacara di Kabul pada hari Minggu, 2 September NATO mengumumkan, mengambil alih peran dari Jenderal Angkatan Darat AS, John Nicholson.

Khogyani mengatakan kepada CNN sebelumnya bahwa pasukan Afghanistan dan koalisi AS melakukan serangan terhadap ISIS setelah menerima laporan intelijen dari Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan.

 

Simak video pilihan berikut:

Buron Empat Tahun

Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Sangaji)

Seperti dikutip dari BBC, Abu Saad Erhabi alias Abu Sayed Orakzai adalah pemimpin keempat ISIS Afghanistan (Islamic State of Iraq and the Levant–Khorasan Province), yang telah menjadi buronan sejak empat tahun silam.

Afiliasi kuat dengan ISIS diketahui telah aktif sejak 2014, mengklaim banyak serangan mematikan, termasuk sejumlah teror bom dalam beberapa waktu terakhir.

Kelompok militan tersebut terkadang dikenal sebagai Khorasan, yang merupakan nama bersejarah bagi kawasan Afghanistan dan sekitarnya ketika era keemasan Islam.

Pemimpin ISIS Afghanistan sebelumnya tewas dalam serangan koalisi AS di markas kelompok itu di provinsi Kunar pada bulan Juli 2017.

Kelompok tersebut telah disalahkan atas sejumlah serangan di Afghanistan tahun ini, termasuk aksi bunuh diri di sebuah pusat pendidikan di ibu kota Kabul, yang menewaskan puluhan orang.

Adapun dari pihak ISIS Afghanistan, belum mengonfirmasi kabar tentang terbunuhnya Abu Saad alias Abu Sayed.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Perbedaan Cairan Rem DOT3 dan DOT4

Posted: 02 Sep 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat biasanya menyebut cairan rem dengan sebutan minyak rem. Namun, cairan dimaksud bisa menyatu dengan air biasa, bukan berupa minyak. Nah, banyak pula jenis cairan rem yang beredar di pasaran seperti DOT3 dan DOT4. Sudah tahukah apa bedanya?

Pada dasarnya, standar DOT3, DOT4 dan seterusnya, terbuat dari bahan yang dapat menyerap air dan uap air (kelembaban) atau juga bersifat higroskopi. Yang membedakan, bahan kimia yang dikandung dan titik didihnya. Tidak selamanya DOT 4 bekerja maksimal jika dipakai pada rem yang merekomendasikan DOT 3. Pasalnya, jika Anda sengaja memasukkan cairan yang bukan standarnya, komponen rem bisa rusak.

"Spesifikasi keduanya berbeda. Jadi tak boleh sembarangan memakainya. Untuk cairan rem DOT4 titik didih tertinggi mencapai 255°Celsius, sementara DOT3 245° Celsius. DOT4 sedikit lebih baik. Misal selama pemakaian cairan DOT3, bisa tercampur air sebanyak 3% yang terjadi dalam tempo 1 tahun saja. Ini dapat menyebabkan titik didih turun dari 255° Celcius menjadi hanya 145° Celcius. Artinya, cairan rem lebih mudah mendidih. Kita tahu air memiliki titik didih 100° Celcius. Ini berarti kandungan air dalam cairan rem mendidih lebih dahulu dan berubah menjadi uap air yang membentuk gelembung udara," papar Inge Harsono, QC- R&D Manager Autochem Industry.

Gelembung udara ini, lanjut Inge, sangat berbahaya karena mengurangi kemampuan cairan rem untuk menyalurkan tekanan yang mendorong kampas rem. Padahal kinerja sistem pengereman, sangat bergantung pada kemampuan cairan rem menekan kampas. Jika terlalu lama tak diganti, maka kampas tidak bekerja. Ini yang kita sebut gejala rem blong. Jika spesifikasi kendaraan Anda bisa memakai DOT3/DOT4, sebaiknya gunakan DOT4 lantaran titik didihnya lebih baik.

Kemudian soal warna. Hanya di Indonesia yang memiliki cairan rem berwarna merah. "Warna merah disukai karena lebih mudah untuk mengontrolnya, apakah cairan habis atau tidak. Tapi ada juga konsumen yang suka warna bening, karena untuk menentukan apakah cairan masih berkualitas atau tidak. Biasanya kalau cairan jelek, warnanya keruh dan sedikit hitam. Ini lebih soal selera saja," tambahnya.

 

Selanjutnya

Karena itu, sebaiknya membiasakan menguras cairan rem setidaknya satu tahun sekali atau setiap 20.000 km pada mobil dan 10.000 km pada motor. Saat memeriksanya, sebaiknya Anda cek pula kondisi seal, piston dan kaliper rem. Pengecekan rutin ini tidak memakan biaya besar, namun besar manfaatnya buat keselamatan kita.

Cara penggantian cairan rem yang baik adalah dengan mengurasnya. Seluruh cairan rem disedot dari bagian pangkal atau paling dekat dengan kaliper rem, bukan dari master rem. Jika Anda malas ke bengkel, sebetulnya bisa Anda lakukan sendiri. Cukup sediakan penyedot dan alat bantu suntik. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Kaji Wacana Ganjil Genap Permanen Usai Asian Games 2018

Posted: 02 Sep 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perluasan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Ibu Kota diperpanjang hingga Asian Para Games 2018 usai pada 13 Oktober mendatang. Pemprov DKI pun mengkaji wacana kebijakan permanen dari aturan tersebut.

Kadishub DKI Andri Yansyah menyampaikan, memang sejauh ini belum ada pembahasan mendalam atas wacana tersebut.

"Sampai saat ini belum ada wacana ke sana. Kan sudah dengar dari Pak Gubernur kemarin. Nanti akan dilakukan kajian terkait sosial ekonominya," tutur Andri di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/9/2018).

Menurut Andri, perluasan peraturan ganjil genap yang diberlakukan mulai Asian Games 2018 hingga akhir Asian Para Games 2018 merupakan aturan kebijakan jangka pendek.

"Jadi yang kita lakukan survei kemarin itu sifatnya jangka pendek. Waktu persiapan dan pelaksanaan Asian Games. Dan akhirnya pola dan pergerakan masyarakat sudah terbentuk. Sehingga diputuskan dilanjutkan, tetapi sampai Para Games," jelas dia.

 

Sedikit Perbedaan

Bahkan dalam penerapan aturan ganjil genap saat Asian Para Games 2018 pun ada sedikit perbedaan dibanding saat penyelenggaraan Asian Games 2018. Salah satunya tidak diberlakukannya kebijakan itu saat hari Sabtu dan Minggu.

"Untuk Para Games kita dituntut untuk lebih luas lagi kajiannya. Tidak hanya dampak dari transportasinya, tidak hanya di bidang tranportasi, tetapi aspek sosial ekonominya berdampak atau tidak," ujar Andri.

Untuk itu, soal permanen perluasan aturan ganjil genap pun akan dipertimbangkan lebih matang. Meski kemacetan teratasi, dampak terhadap sektor lainnya juga harus dicermati dari awal.

"Kalau kemarin kita lihat aspek transportasi. Tapi ini juga aspek-aspek yang lain. Jangan sampai kebijakan yang kita ambil justru menimbulkan dampak yang kurang bagus bagi aspek lain," Andri menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkah Usil Atlet Asian Games 2018 Asal Irak yang Bikin Ketawa Petugas Imigrasi

Posted: 02 Sep 2018 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Satu per satu kontingen negara-negara luar yang berlaga di Asian Games 2018 mulai meninggalkan Indonesia. Namun, sepertinya kesan tersendiri masih membekas di benak mereka.

Tidak terkecuali kontingen Asian Games 2018 asal Irak yang satu ini. Dalam sebuah video yang beredar, ketika sedang mengurus kepulangannya di petugas imigrasi dia sempat "menggoda" beberapa petugas di sana.

"Kamu cantik," kata atlet Asian Games 2018 yang berdasarkan penelusuran Brilio.net bernama Baderaldeen Naser itu.

Tak hanya sampai di situ, dia juga menggoda para petugas pria dengan mengatakan: "Kamu ganteng."

Gestur tangannya yang lucu juga mengundang tawa dari orang- orang yang melihat ulah atlet berambut kribo tersebut.

Setelah itu, Naser yang ternyata merupakan atlet bola tangan tersebut juga menyanyikan sebaris awal lagu Indonesia Raya. Kemudian dia mengaku bahwa dirinya adalah seorang pemain bola tangan.

"Aku main bola tangan," katanya.

Setelah petugas di balik meja memberikan surat untuk Naser, atlet berusia 23 tahun itu kembali mengatakan, "kamu ganteng" pada petugas imigrasi. Pria tersebut juga menggerakkan gerakan tangan yang lucu.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Menggoda Petugas Pria

Petugas imigrasi tersebut hanya tersenyum sembari ditertawakan teman-temannya.

"Thank you, thank you," ujar si petugas imigrasi.

"Sama, sama," jawab Naser. Belum selesai, setelah Naser sudah melewati meja imigrasi, dia sempat berbalik pada petugas dan kembali mengucapkannya lagi.

"Kamu ganteng," kata Naser dengan lembut dan menggoda dan kemudian berlalu dari situ.

Tentu saja, hal tersebut membuat rekan-rekannya tertawa sementara petugas tersebut hanya termesem-mesem.

Upacara penutupan Asian Games 2018 sendiri diadakan di Stadion Gelora Bung Karno pada Minggu (3/9/2018). Sekalipun tanpa dekorasi yang megah, namun acara tersebut tetap meriah.

Boyband asal Korea Selatan Super Junior dan iKon menjadi salah satu daya tarik yang membuat para penonton wanita histeris di acara tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dominasi Tiongkok, Ini Statistik Terbaik di Bola Basket Asian Games 2018

Posted: 02 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cabor bola basket menjadi salah satu yang paling favorit selama perhelatan Asian Games 2018.Tiongkok mendominasi juara putra dan putri pada cabor basket Asian Games yang berakhir sejak Sabtu (1/9/2018) lalu.

Raihan medali emas tentu menempatkan Tiongkok sebagai penguasa bola basket Asian Games 2018. Namun catatan statistik memperlihatkan secara terperinci penampil terbaik di ajang tersebut tak melulu didominasi oleh pebasket dari Negeri Tirai Bambu.

Bahkan dari sejumlah aspek statistik individual di nomor putra, Tiongkok hanya menempatkan satu pemain mereka di puncak, yakni di sektor blok yang dirajai oleh pebasket yang kini melantai di Liga Bola Basket Amerika Serikat (NBA) bersama Houston Rockets, Zhou Qi.

Berikut paparan pemain dengan catatan statistik terbaik sepanjang penyelenggaraan cabang olahraga bola basket Asian Games 2018 di Jakarta mulai 14 Agustus hingga 1 September seperti dilansir antara:

 

Poin Terbanyak dan Akurasi

Pebasket Korea Selatan,  Ricardo Ratliffe menjadi pencetak poin terbanyak selama Asian Games 2018 (AP Photo/Dita Alangkara)

Poin terbanyak

Pebasket naturalisasi Korea Selatan asal Amerika Serikat, Ricardo Ratliffe, memimpin daftar pencetak angka terbanyak basket putra sepanjang Asian Games 2018 dengan total 174 poin dari enam laga yang dijalaninya atau rata-rata 29 poin per laga.

Sementara di nomor putri terdapat mesin angka Indonesia, Natasha Debby Christaline, yang mengoleksi 148 poin dari tujuh laga yang dijalaninya atau setara 21,1 poin per laga.

 

Akurasi tembakan

Pebasket Thailand, Patiphan Klahan, memimpin catatan tingkat akurasi tembakan terbaik di basket putra Asian Games 2018 dengan 65,4 persen, meski hanya bermain di tiga pertandingan lantaran negaranya jadi urutan paling buncit dalam klasemen akhir Grup A.

Sedangkan talenta muda putri China, Li Yueru, jadi yang paling efisien di Asian Games 2018 lewat akurasi tembakan 71,2 persen hingga mengantarkan negaranya meraih emas.

Tiga Poin Terbanyak

Jordan Clarkson tampil gemilang dalam laga Asian Games 2018 melawan Tiongkok.  (AP Photo/Aaron Favila)

Tripoin terbanyak

Pebasket Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, yang membela negara ibundanya jadi pencetak tripoin tersubur di tiap penampilannya di Asian Games 2018 dengan rata-rata 3,8 tripoin per laga, meskipun secara jumlah total masih kalah dari legiun Korsel Jeon Jun-beom yang melesakkan 22 tripoin.

Di nomor putri, penembak jitu Mongolia Bulbul Murat menceploskan 25 tembakan tripoin atau rata-rata 3,6 tripoin per laga.

 

Akurasi tripoin

Pebasket China, Wang Xuemeng, jadi yang paling efisien dalam urusan menembak tripoin di sektor putri dengan catatan akurasi 63,2 persen atau 12 kali dari 19 percobaan tembakan tripoin.

Sementara di sektor putra, pebasket Filipina keturunan Amerika Serikat, Stanley Pringle, jadi yang paling efisien dengan akurasi tembakan tripoin 60 persen.

Rebound dan Assist

Pebasket Indonesia, Jamarr Andre Johnson, dihadang pebasket Korea Selatan, Ricardo Preston Ratliffe pada laga Asian Games 2018 di Hall Basket GBK, Selasa (14/8/2018). (Bola.com/Peksi Cahyo)

 

Rebound

Di nomor putra Ratliffe kembali menjadi yang terbaik dalam urusan mengamankan bola muntah dari keranjang lewat catatan total 82 rebound atau rata-rata 13,7 rebound per penampilan.

Sedangkan penggawa India Skaria Jeena membukukan 40 rebound atau 10 rebound per laga meski hanya bermain empat laga setelah timnya terhenti di fase penyisihan.

Pebasket Jepang Saori Miyazaki mengatur serangan dalam laga penyisihan Grup Y bola basket putri Asian Games 2018 melawan Hong Kong di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Rocky Padila)

Assist

Pebasket putri Jepang, Saori Miyazaki, jadi yang terbaik dalam urusan melepaskan umpan yang berakhir menjadi poin alias assist, dengan catatan 68 assist dari tujuh penampilan atau rata-rata 9,7 assist per laga.

Sementara di sektor putra, pebasket Korsel Kim Sun-hyung membukukan 39 assist dari enam penampilan atau rata-rata 6,5 assist per laga.

Blok

Pebasket Houston Rockets, Zhou Qi, berusaha melewati pebasket Phoenix Suns pada laga NBA di Arizona, AS, Minggu (16/11/2017). (AFP/Christian Petersen)

Blok

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, penggawa China Zhou Qi menjadi pemimpin klasemen blok basket putra dengan 20 blok dalam lima pertandingan atau rata-rata 4 blok per laga.

Talenta muda China lainnya, Han Xu, menjadi Ratu Blok Asian Games 2018 dengan raihan 19 kali blok dalam tujuh pertandingan atau rata-rata 2,7 blok per laga.

Steal

Kapten tim Korea Bersatu, Lim Yung-hui, menempatkan diri sebagai pencatat steal terbanyak sepanjang turnamen dengan 23 steal dalam tujuh pertandingan atau rata-rata 3,3 steal per laga.

Di sektor putra, kendati hanya gagal mengantarkan Mongolia melewati fase penyisihan grup, Sanchir Tungalag jadi pengepul steal terbaik dengan rata-rata 3 steal per laga lewat 9 steal yang dikumpulkannya dalam tiga pertandingan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Indonesia Gagal Raih Emas di Bridge Asian Games 2018

Posted: 02 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Bridge Indonesia memang tidak nihil medali saat berlaga di Asian Games 2018. Bridge menyumbangkan empat mendali perunggu dari nomor Mixed Team, Supermixed Team, Men's Pair dan Mixed Pair.

Meski begitu, raihan empat perunggu di Asian Games 2018 meleset dari target. Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI) sudah berjanji ke pemerintah untuk memboyong dua medali emas di Asian Games 2018.

Ketua Umum PB GABSI, Eka Wahyu Kasih mengaku bertanggung jawab dengan kegagalan Timnas Bridge di Asian Games. Dia menyesali beberapa keputusan yang diambilnya pada pertandingan beregu atau tim.

"Saya akui salah strategi saat bermain di nomor beregu. Harusnya kami tidak bertemu dengan Tiongkok di semifinal, kami harusnya jumpa mereka di final," kata Eka kepada Liputan6.com.

Kesalahan berawal di saat kualifikasi. Eka Wahyu mengaku sempat mengistirahatkan dua andalan Indonesia, Taufik Asbi dan Lusje Olha sehingga peringkat mereka turun.

"Posisi kami melorot sehingga jumpa Tiongkok di semifinal. Tiongkok itu dihuni pemain bridge profesional yang sudah kelas dunia. Strategi kami harusnya jumpa mereka di final. Seperti yang sering saya bilang, kami punya kesempatan emas kalau itu terjadi di final," ujarnya.

 

 

Fokus Kejuaraan

Atlet cabang olahraga bridge Bambang Hartono di Istana Negara, Jakarta (Liputan6.com/ Hanz Jimenez Salim)

Berakhirnya Asian Games tak membuat PB GABSI kendur dalam membina prestasi Bridge. Menurut Eka, pihaknya bakal terus mengirimkan atlet yang ada untuk ikut kejuaraaan Bridge di berbagai negara.

"Setelah Asian Games, kami tetap akan fokus berlatih untuk mengikuti kejuaraan Bridge di sisa 2018 ini," ujar Eka.

Indonesia menyumbangkan empat perunggu dari cabor Bridge. Dua perunggu dari Men's Pair dan Mixed Pair tidak ada dalam target PB GABSI.

"Untuk nomor pasangan, kami memang tak menargetkan target tinggi. Tiongkok peringkat pemainnya lebih tinggi dari pemain kita. Kami hanya menyesalkan lolosnya target di dua nomor tim," katanya.

Rincian Medali

Mixed Team (Perunggu): Lusje Olha, Julita Grace Joice, Marcella Elvitta, Robert Parasian, Taufik Gautama Asbi, Bill Roland

Supermixed Team (perunggu): Conny Eufke, Rury Andhani, Bert Toar Polii, Bambang Hartono, Franky Steven, Jemmy Boyke

Mixed Pair (Perunggu): Taufik Asbi/Lusje Olha

Men's Pair (Perunggu): Henky Lasut/ Freddy Eddy

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Histeris, Salam Cinta ala Korea Presiden OCA di Asian Games 2018

Posted: 02 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 berakhir sudah. Pesta olahraga terbesar di Asia tersebut resmi ditutup semalam dengan serangkaian acara yang tak kalah memukau dengan upacara pembukaannya. Keberhasilan sebagai tuan rumah Asian Games menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia setelah sebelumnya pernah menjadi tuan rumah pada 1962.

Kesuksesan tersebut diakui secara langsung oleh Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah di acara penutupan Asian Games 2018 yang digelar semalam, Minggu (2/9) di Gelora Bung Karno. Al-Sabah yang juga merupakan politisi Kuwait itu menyampaikan pidato selama beberapa menit. Beberapa kali, Al-Sabah yang memakai jubah putih dan cokelat itu menyelipkan bahasa Indonesia dalam pidatonya.

Yang membuat penonton paling heboh adalah saat Al-Sabah mengutarakan rasa cinta, terima kasih, dan salutnya pada Indonesia atas kerja keras untuk menyelenggarakan Asian Games 2018. Tak tanggung-tanggung, ia memberikan salam cinta dengan dua tangan membentuk 'love' di atas kepala.

"Sampai jumpa lagi. Indonesia, kami cinta kalian. Terima kasih," ujar Al-Sabah.

Pria murah senyum itu tak hanya sekali meniru gestur mobot ala Korea tersebut. Ia melakukan mobot dua kali dan satu kali membentuk tanda cinta dengan tangannya lalu diletakkan di depan dada.

"Kami sedih harus meninggalkan negeri indah ini. Namun, kami juga akan meninggalkan banyak kenangan. Terima kasih membuat Asian Games menjadi nyata. Terima kasih atas keramahan kalian."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Respons Warganet

Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah memberi sambutan dalam Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Minggu (2/9). Presiden OCA membuat lambang ungkapan rasa cinta ala Korea. (AP/Dita Alangkara)

Aksi mobot yang dilakukan Al-Sabah menuai komentar positif dari netizen di media sosial. Netizen mengomentari betapa tulusnya bentuk terima kasih dari Presiden OCA tersebut sekaligus menggemaskannya aksi beliau.

 

Mobot sendiri merupakan gerakan selebrasi yang dipopulerkan oleh atlet lari, Mo Farah. Simbol cinta tersebut juga sering dilakukan oleh para penyanyi Korea Selatan selain dengan ujung jari telunjuk dan ujung jempol.

Dalam upacara penutupan secara resmi, sekaligus penyerahan tongkat estafet penyelenggaraan Asian Games 2022 pada perwakilan Hangzhou, Tiongkok, Al-Sabah juga menyampaikan bahwa langit turut bersedih karena para tamu harus meninggalkan Indonesia yang indah. Ia mengaku seluruh kenangan yang terjadi di Indonesia akan selalu ada di hati dirinya, di hati masyarakat Asia.

"Langit menangis karena kami harus meninggalkan negara Anda yang indah," pungkas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Enam Tahun Menanti, Tike Priatnakusumah Bisa Lakukan Ini dengan Super Junior

Posted: 02 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Super Junior ke Indonesia untuk mengisi acara Closing Ceremony Asian Games 2018 disambut senang para penggemarnya, termasuk Tike Priatnakusumah. Ditambah, dirinya bisa satu panggung dengan idol K-Pop tersebut.

Tentunya, ini merupakan mimpi Tike Priatnakusumah. Selama ini, wanita bertubuh subur ini hanya bisa melihat Super Junior dari jarak jauh saja.

Penantian Tike Priatnakusumah selama enam tahun tak sia-sia, ia bisa langsung berjabat tangan dengan para personel Super Junior.

Tike tak mau menyia-nyiakan kesempatan. Bersama wanita-wanita lainnya, Tike mengabdikan momen berharga tersebut.

 

My Superman

Tike Priatnakusumah (Foto: Instagram)

Tike Priatnakusumah pun begitu senang bisa berpose dengan cowok-cowok keren dari Super Junior.

"Oppa akuwwwwww....akhirnyaaaaaaa penantian 6 tahunnnnnn....my superman @siwonchoi @yesung1106 @xxteukxx @earlyboysd @leedonghae @eunhyukee44 @ryewook THIS IS SUPERJUNIOR!!!!!!" tulis Tike sebagai keterangan foto.

 

Bikin Ngakak

Tike Priatnakusumah foto bareng Super Junior.

Sebelumnya, Tike Priatnakusumah sempat membuat heboh ELF, dengan unggahannya di Instagram Story. Ia berfoto dengan Super Junior.

Sayangnya, Tike Priatnakusumah hanya bisa berfoto dengan pintu bertuliskan Super Junior. Dan itu bikin ngakak warganet. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Dekat dengan Sony Xperia XZ3

Posted: 02 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Sony merilis flagship smartphone terbarunya yakni Xperia XZ3. Perangkat penerus Xperia XZ2 ini dilengkapi dengan layar imersif.

Smartphone ini juga didukung fitur unggulan seperti televisi, audio, gambar, dan gim. Layar imersif Xperia XZ3 mendukung pengguna untuk menikmati konten berkualitas tinggi.

Xperia XZ3 memiliki bentang layar QHD+HDR OLED seluas 6 inci didukung teknologi TV OLED Bravia.

Xperia XZ3 (Foto: Android Central)

Untuk urusan tampilan, Sony Xperia XZ3 dilapisi dengan logam aluminium yang ramping. Soal spesifikasi, Xperia XZ3 didukung prosesor Snapdragon 845 dengan GPU Adreno 630.

Xperia XZ3 (Foto: Android Central)

Untuk penyimpanan lebih luas, Xperia XZ3 didukung slot microSD berkapasitas hingga 512GB.

Sayangnya perangkat ini mengadopsi slot hybrid, yang mengharuskan pengguna mengorbankan salah satu slot untuk kartu SIM bila ingin menggunakan Micro SD.

Otak Snapdragon 845

Xperia XZ3 ungu (Foto: Android Central)

Smartphone ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android Pie, dan akan mulai dipasarkan pada akhir September 2018.

Harga resminya diprediksi mencapai US$ 900 atau setara Rp 13 juta.

Sisi samping Xperia XZ3 (Foto: Android Central)

Perangkat ini memiliki speaker yang bisa mendukung kenyaringan 20 persen sehingga lebih menggelar dibanding model sebelumnya.

Sisi samping Xperia XZ3 (Foto: Android Central)

Opsi Warna Xperia XZ3

Xperia XZ3 (Foto: Android Central)

Adapun opsi warna yang dihadirkan untuk smartphone ini antara lain warna Black, White Silver, Forest Green, dan Bordeaux Red.

Xperia XZ3 ungu (Foto: Android Central)

Warna White Silver:

Xperia XZ3 (Foto: Android Central)

Warna Black:

Xperia XZ3 (Foto: Android Central)

Warna Forest Green:

Xperia XZ3 (Foto: Android Central)

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fashion Sarat Pesan Nasionalisme di Asian Games 2018

Posted: 02 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ajang Asian Games 2018 merupakan salah satu momen sejarah bagi Indonesia. Gelaran olahraga yang diselenggarakan selama 4 tahun sekali ini menjadikan negara-negara di Asia secara bergantian menjadi tuan rumah untuk ajang tersebut.

Pada Asian Games 2018, Indonesia terpilih menjadi venue gelaran olahraga ini. Dengan dua lokasi berbeda yaitu Palembang dan Jakarta, tentu membuat Indonesia yang didaulat sebagai tuan rumah untuk menjamu para delegasi dari negara-negara lain yang berpartisipasi turut mempersiapkan diri secara total.

Persiapan Asian Games pun dilakukan dengan sungguh-sungguh, ragam infrastruktur kota dan sarana olahraga dipersiapkan demi lancarnya event olahraga bergengsi ini. Terbukti, Indonesia berhasil menjadi tuan rumah yang sukses dalam penyelenggarana ajang internasional.

Fashion ikonis bangkitkan semangat nasionalisme di Asian Games 2018

 

A post shared by Danjyo Hiyoji (@danjyohiyoji) on

Selama dua pekan berlangsungnya Asian Games 2018, banyak cerita yang bisa menjadi sejarah bagi bangsa Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia bersatu untuk ajang ini. Tak hanya menaruh harapan pada para atlet yang bertanding saja. Namun ragam bidang pun berhasil gotong royong menyemarakkan nasionalisme yang menjadikan Indonesia berhasil unjuk gigi di ajang Asian Games 2018 dengan berhasil menduduki peringkat ke-4 atas pencapaian medali yang diperoleh.

Selain para atlet, momen ini merupakan ajang yang pas bagi Bekraf untuk memberikan peluang bagi para pelaku ekonomi kreatif tanah air untuk memasarkan produknya. Berlokasi di Zona Kaka, Bekraf menggandeng fashion streetwear lokal pilihan diantaranya Maris, Runhood x Footurama, Public Culture, Volt & Fast, Danjyo Hiyoji dan Taka. 

 

 

A post shared by Volt & Fast Sportswear (@voltandfast) on

Fashion ikonis bangkitkan semangat nasionalisme di Asian Games 2018

 

A post shared by Footurama (@footurama) on

 

Terbukti, ragam produk fashion lokal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, Bahkan beberapa produk lokal yang berpartisipasi mengeluarkan desain khusus selama ajan Asian Games 2018. Bahkan, koleksi tersebut menambah euforia selama event ini berlangsung. Penasaran? Simak koleksi fashion dari beberapa brand lokal yang semakin menyerukan semangat nasionalisme dalam perhelatan Asian Games 2018 .

 

 

A post shared by @adelineregina on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Asian Games 2018 Berakhir, Atlet Kembali ke Negaranya

Posted: 02 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asian Games 2018 Jakarta-Palembang resmi berakhir. Ratusan atlet dari berbagai negara mulai tiba dibandra Soekarno Hatta, Tangerang, Banten untuk kembali kenegara asalnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Theme Song Asian Games Jadi Penyemangat Korban Gempa Lombok

Posted: 02 Sep 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Mataram - Euforia Asian Games belum juga berakhir, meski pesta olahraga terbesar di Asia tersebut sudah ditutup tadi malam. Euforia ini digunakan untuk menegakkan kembali kepala masyarakat yang terkena musibah gempa Lombok berturut-turut.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, didampingi Gubernur NTB TGB Zainul Majdi dalam kunjungannya meninjau tenda pengungsi di Lombok bersama para siswa SMPN menyanyikan lagu Meraih Bintang, official theme song Asian Games 2018.

Tania seorang siswa kelas 9C dari SMPN 6 Kota Mataram yang memimpin teman-temannya bernyanyi sontak membuat suasana tenda pengungsian berubah menjadi bergembira. Lirik lagu Meraih Bintang diubah menjadi nyanyian semangat bagi masyarakat Lombok, terutama yang terdampak gempa, untuk bangkit dan berbenah kembali.

"Hari ini aku tenang, hari kan dikenang, setiap doaku panjatkan, semoga gempa berakhir. Yo yo ayo, yo ayo yo, yo ayo. Kita menang, kita bangkit, kita jaya," nyanyi Tania memandu teman-temannya, yang disambut gelak tawa, dan tak jarang di antara mereka ada yang melakukan goyang dayung, goyangan khas Presiden Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018.

Presiden Jokowi sendiri tadi malam menyaksikan upacara penutupan Asian Games 2018 dengan cara nonton bareng bersama pengungsi korban gempa Lombok di tenda pengungsian, lapangan Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Bonus Atlet Asian Games 2018, Yuk Cermat Mengelolanya

Posted: 02 Sep 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Asian Games 2018 resmi ditutup pada Minggu 2 September 2018. Namun, kemegahan acara penutupan dan pelaksanaan Asian Games 2018 masih terasa.

Pemerintah pun mengapresiasi perjuangan para atlet di Asian Games 2018. Para atlet berprestasi yang membuat bangga Indonesia di ajang Asian Games 2018 pun mendapatkan bonus yang dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan para atlet tersebut tak menunggu lama untuk mendapatkan bonus tersebut. Pemerintah sediakan lebih dari Rp 210 miliar untuk atlet yang telah berjuang di ajang Asian Games 2018.

Para atlet tersebut mendapatkan bonus berbeda-beda berdasarkan jenis medali yang didapat dan nomor yang dipertandingkan ada individu, ganda dan beregu.

Bagi atlet yang mendapatkan emas bagi perorangan mendapatkan Rp 1,5 miliar. Untuk bonus medali emas ganda sekitar Rp 1 miliar per orang (satu pasangan mendapat Rp 2 miliar), dan beregu Rp 750 juta per orang.

Selain itu, bagi atlet yang meraih medali perak bagi tunggal putra dan putri mendapatkan Rp 500 juta, ganda Rp 400 juta dan beregu Rp 300 juta per orang.

Sedangkan atlet yang meraih medali perunggi mendapatkan bonus Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta dan beregu Rp 150 juta per atlet. Ternyata tidak hanya atlet saja yang dapatkan bonus tetapi juga para pelatih dan asisten pelatih.

Besarannya berbeda-beda. Contohnya pelatih dari kategori perorangan dan ganda yang atletnya menyumbangkan emas di Asian Games 2018 mendapatkan Rp 450 juta. Sedangkan pelatih yang atletnya meraih medali perak mendapatkan Rp 150 juta. Sementara, mereka yang mendapatkan medali perunggu mendapatkan Rp 75 juta.

Untuk pelatih dari kategori beregu yang atletnya membawa pulang medali juga mendapatkan apresisi. Bila anak didiknya mendapatkan emas mendapatkan Rp 600 juta, perak sebesar Rp 200 juta dan perunggu mendapatkan Rp 100 juta.

Tak cuma itu, pemerintah juga memberi bonus kepada atlet yang gagal mendapatkan medali di Asian Games 2018.

Perencana Keuangan, Mitra Edukasi Mieke Rini menuturkan, bagi para atlet yang mendapatkan bonus diharapkan tidak larut dalam euforia. Hal ini agar bonus yang didapatkan juga digunakan untuk kesejahteraan dalam jangka panjang.

Hal senada dikatakan Perencana keuangan One Shildt Financial Planning, M.Andoko. Ia menuturkan, mendapatkan bonus ibarat meraih lotere. Oleh karena itu, para atlet diharapkan memakai bonus atlet Asian Games 2018 dengan cermat dan tidak digunakan untuk kegiatan konsumtif.

"Jangan sampai bonus membuat mereka konsumtif. Ibarat mendapatkan lotere beli itu beli itu," ujar Andoko saat dihubungi Liputan6.com, Senin (3/9/2018).

 

Tips Atur Bonus bagi Atlet

Banner Banjir Bonus Atlet Asian Games 2018. (Liputan6.com/Abdillah)

Andoko pun memberikan tips untuk mengatur bonus bagi para atlet berprestasi tersebut. Andoko membagikannya menjadi empat hal. Pertama, bonus sekitar 25 persen digunakan untuk hiburan misalkan dengan liburan, jalan-jalan bersama keluarga.

Kedua, 25 persen untuk investasi. Andoko menuturkan, profesi atlet juga memiliki keterbatasan waktu. Oleh karena itu, sebagian bonus juga dialokasikan untuk investasi.

Andoko menambahkan, bagi yang belum terlalu paham mengenai produk investasi, bisa menanamkan dana di deposito. Kemudian juga saving bonds ritel (SBR). Apalagi pemerintah baru terbitkan SBR yang punya tingkat kupon bunga sekitar delapan persen. Selain itu, obligasi ritel Indonesia (ORI) dan sukuk ritel. "Untuk investasi juga bisa ditempatkan di reksa dana," ujar dia.

Ketiga, 25 persen bonus dialokasikan untuk keluarga. "25 persen untuk orang dicintai, misalnya pergi haji," kata Andoko.

Selain itu, Andoko juga mengingatkan kadang bagi seseorang mendapatkan bonus juga menjadi sasaran teman dan keluarga untuk pinjam uang.

"Selain itu banyak orang tak bertanggung jawab yaitu pelaku investasi bodong bisa mendapatkan data-data dan bagi seseorang tidak paham soal keuangan bisa menjadi sasaran. Jangan sampai mereka (atlet) menjadi korban investasi bodong," ujar Andoko.

Selain itu, Andoko menambahkan, hal keempat untuk alokasikan bonus sekitar 25 persen buat mengembangkan potensi para atlet. Ini bisa digunakan untuk beli alat dan meningkatkan kompetensi.

 

Selanjutnya

Dapat bonus, para atlet Indonesia tersenyum bahagia (instagam/nahrawi_imam)

Andoko menuturkan, para atlet berprestasi di Asian Games juga mendapatkan beasiswa S2. Menurut Andoko, bonus tersebut juga bisa digunakan tambahan sekolah misalkan biaya transportasi, akomodasi dan buku.

"Kalau tidak mau jadi atlet lagi bisa ambil sertifikat coach jika ingin jadi pelatih," ujar dia.

Sementara itu, Mieke menuturkan, bagi para atlet yang sudah biasa menabung, bonus dapat digunakan untuk tambahan tabungan.

"Bagi yang single bisa buat persiapan pensiun. Sedangkan sudah berkeluarga bisa buat tabungan pendidikan anak," kata dia.

Ia mengingatkan, agar bonus yang didapatkan untuk investasi dan modal buka usaha. Mieke menuturkan, investasi yang dapatkan imbal hasil maksimal untuk jangka panjang antara lain properti dan reksa dana saham.

"Atlet juga dapat apresiasi dengan menjadi PNS mereka ada peralihan dari atlet jadi PNS. Kalau yang sudah tua, bonusnya digunakan untuk investasi jangka panjang," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Bonus Atlet Asian Games 2018 Cair

Posted: 02 Sep 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para atlet berprestasi di Asian Games 2018 merasakan kebahagian, bonus yang dijanjikan pemerintah telah cair sehari sebelum penutupan Asian Games 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peraih Medali Asian Games Jadi PNS Tanpa Tes

Posted: 02 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chef de Mission (CdM) Asian Games 2018 sekaligus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, memastikan bonus pekerjaan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi peraih medali Asian Games segera terealisasi.

Pemerintah memang menjanjikan bonus bekerja sebagai PNS bagi peraih medali emas, perak maupun perunggu di Asian Games 2018. Syafruddin pun memastikan para atlet akan menjadi PNS tanpa tes.

"Saya Menteri PAN-RB, keputusan sudah ada, jadi yang mendapatkan medali, emas, perak dan perunggu sudah bisa jadi PNS. Langsung tanpa tes," ujar Syafruddin di Tennis Indoor, Minggu (2/9/2018).

Dia mengatakan, ini menjadi bentuk apresiasi pemerintah kepada para atlet yang sudah berjuang di Asian Games. Terlebih lagi, para atlet telah melampaui target.

Pada Asian Games 2018, Indonesia finis di posisi keempat. Kontingen Indonesia mendulang 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Tak Menyangka

Chef de Mission (CdM) Indonesia Syafruddin mengunjungi wisma atlet Asian Games 2018 di Kemayoran. (Dokumen Tim CdM)

Syafruddin sempat tak menyangka Indonesia bisa melampaui target Asian Games 2018. Kontingen Indonesia ditargetkan meraih 16 medali emas untuk berada di posisi 10 besar.

"Saya bahagia. Tapi saya juga sempat tak menyangka kita bisa berada di posisi empat besar," kata Syafruddin.

"Kita sudah memberikan prestasi terbaik di Asian Games 2018. Finish di posisi empat besar itu sebuah kejutan yang tidak terduga," ujar mantan Wakapolri itu.

 

Bersiap SEA Games

Usai berlaga di Asian Games, Indonesia diketahui harus bersiap mengikuti SEA Games di Filipina pada 2019 dan Olimpiade 2020 di Jepang.

"Para atlet sebaiknya langsung try out. Kita harus merebut juara di SEA Games 2019 meski kita tidak tuan rumah. Kita harus optimistis, karena support dan dukungan kuat dari seluruh anak bangsa itu sangat dahsyat," ucap Syaffruddin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Selebrasi Lewis Hamilton Raih Juara Grand Prix Italia

Posted: 02 Sep 2018 09:45 PM PDT

Lewis Hamilton berselebrasi bersama pendukungnya usai meraih kemenangan GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, (2/9). Hamilton berhasil menang di GP Italia 2018 dengan catatan waktu terbaik 1 jam 16 menit 54,484 detik. (AP Photo/Luca Bruno)

Lewis Hamilton berselebrasi bersama pendukungnya usai meraih kemenangan GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, (2/9). Hamilton berhasil menang di GP Italia 2018 dengan catatan waktu terbaik 1 jam 16 menit 54,484 detik. (AP Photo/Luca Bruno)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton melompat dari mobilnya usai meraih kemenangan GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, (2/9). Hamilton sudah meraih enam podium tertinggi di F1 2018. (AP Photo/Luca Bruno)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton melompat dari mobilnya usai meraih kemenangan GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, (2/9). Hamilton sudah meraih enam podium tertinggi di F1 2018. (AP Photo/Luca Bruno)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton menyemprotkan sampanye ke pendukungnya saat merayakan keberhasilannya memenangkan GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, Italia, (2/9). (AP Photo/Luca Bruno)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton menyemprotkan sampanye ke pendukungnya saat merayakan keberhasilannya memenangkan GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, Italia, (2/9). (AP Photo/Luca Bruno)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berpose dengan trofi usai meraih kemenangan GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, (2/9). Hamilton berhasil menang di GP Italia 2018 dengan catatan waktu terbaik 1 jam 16 menit 54,484 detik. (AP Photo/Luca Bruno)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berpose dengan trofi usai meraih kemenangan GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, (2/9). Hamilton berhasil menang di GP Italia 2018 dengan catatan waktu terbaik 1 jam 16 menit 54,484 detik. (AP Photo/Luca Bruno)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memasuki garis finish saat berlaga di GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, Italia, (2/9). Saat ini Hamilton menempati urutan pertama klasemen dengan 231 poin. (AP Photo/Luca Bruno/Pool)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memasuki garis finish saat berlaga di GP Italia di Sirkuit Monza di Monza, Italia, (2/9). Saat ini Hamilton menempati urutan pertama klasemen dengan 231 poin. (AP Photo/Luca Bruno/Pool)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Gol Lionel Messi di Liga Spanyol Bertambah

Posted: 02 Sep 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi menjadi aktor utama di balik kemenangan Barcelona atas Huesca pada jornada ketiga Liga Spanyol 2018-19. Ia mencetak dua gol dan dua assist dalam laga yang berakhir 8-2 di Camp Nou, Minggu (2/9/2018).

Dengan membobol gawang Huesca, berarti daftar korban gol Lionel Messi di Liga Spanyol bertambah panjang. Huesca adalah klub ke-37 yang gawangnya pernah dibobol pemain berjuluk La Pulga itu. Jumlah tersebut lebih banyak dari pemain-pemain lainnya.

Dari 40 tim yang pernah dihadapi Messi di kompetisi ini, hanya tiga tim yang selamat. Tiga tim yang gawangnya belum pernah dibobol oleh Messi itu adalah Xerez, Cadiz dan Real Murcia.

Dalam laga melawan Huesca, Lionel Messi mencetak golnya yang ke-386 dan 387 di Liga Spanyol. Dari 397 gol, paling banyak disarangkan ke gawang Sevilla. Total 24 gol sudah dicetak Messi dalam 22 penampilan melawan Sevilla di Liga Spanyol.

Daftar Korban Lionel Messi di Liga Spanyol:

Lionel Messi merayakan gol ke gawang Huesca. (dok. La Liga)

Sevilla - 24 gol

Atletico Madrid - 23 gol

Valencia - 21 gol

Osasuna - 21 gol

Deportivo La Coruna - 20 gol

Real Madrid - 18 gol

Espanyol - 18 gol

Sumber: Bola.net 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badan Tambah Gemuk, Citra Scholastika Sempat Minder

Posted: 02 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan, Citra Scholastika sedang sibuk mempromosikan lagu terbaru "You Don't Have to Go". Lagu itu diluncurkan setelah penyanyi asal Yogyakarta ini vakum masuk studio rekaman. 

Baru dua bulan video musiknya nongkrong di kanal video berbagi, sambutan meriah diberikan dari pencinta lagu Indonesia.

"Aku senang banget tanggapan mereka positif. Soalnya lagu ini dengan nuansa EDM yang awalnya bukan aku banget. Aku keluar dari comfort zone," papar Citra Scholastika saat wawancara FB Live di kantor redaksi Liputan6.com di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Dan, tantangan yang diberikan produser Hits Records dijawab manis oleh Citra Scholastika. Lompat pagar dari zona  nyaman dilakukan lancar oleh Citra. "Aku memang senang tantangan. Selama ini orang tahunya aku nyanyi pop jazz," tambah Citra Scholastika. 

Berat Badan

Penyanyi Citra Scholastika. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rupanya, bukan hanya pujian yang diberikan netizen di social media untuk Citra Scholastika. Tapi, juga komentar pedas. Misalnya soal badannya yang menggemuk. "Aku memang pernah gemuk banget. Nggak seperti sekarang ini," ungkap pelantun tembang "Everybody Knew".

Banyak Komentar

Penyanyi Citra Scholastika. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Citra Scholastika mengaku sempat minder. "Ya aku sih sempat bagaimana gitu berat badan menggemuk. Aku tahu banyak yang komentar kayak gitu," kata Citra saat menjawab pertanyaan sahabat Liputan6.com yang menyaksikan wawancara FB Live-nya saat itu.

Pola Hidup Sehat

Penyanyi Citra Scholastika. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekarang Citra Scholastika sedang membalikkan berat badannya kembali ideal. "Ya dulu makan-makan sembarangan. Sekarang polanya diatur, yang penting gizinya tercukupi. Aku juga work out. Yoga," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Telur Kembali Normal di Angka Rp 23 Ribu per Kg

Posted: 02 Sep 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga telur telah berangsur turun dan mulai stabil. Saat ini, harga telur berada di kisaran Rp 23 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya harga telur sempat menyentuh angka RP 35 ribu per kg. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Senin (03/9/2018), harga telur ayam ras atau telur biasa mengalami penurunan. Dua toko atau agen menyebutkan harga telur ayam negeri sebesar Rp 23 ribu per kg. Sebelumnya, harga telur ayam sempat menyentuh Rp 35 ribu per kg.

"Telur harganya beragam ya, beda sama daging ayam yang pasti sama harganya ketika turun atau naik. Yang pasti kita sekarang jual Rp Rp 23 ribu, turun dari 2 hari lalu," tutur Herman (30) saat berbincang dengan Liputan6.com.

Pedagang lain, Teguh (38) juga senada dengan Herman. Teguh pada hari ini membanderol komoditas telur ayam ras di harga Rp 23 ribu per kg.

Namun, masih ada penjual telur yang tercatat menjual telur di harga Rp 25 ribu. Ini berarti harga telur mengalami kenaikan sebesar Rp 2 ribu per kg. "Masih naik, Rp 25 ribu per kg," ujar Mifthaludin (19).

Melansir dari laman Info Pangan DKI Jakarta per 3 September 2018, harga telur berada di posisi Rp 23.469 ribu per kg.

Kemendag Akui Belum Mampu Kembalikan Harga Telur ke Level Normal

Penjual merapikan telur dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (24/7). Harga telur ayam mengalami penurunan di angka Rp 26 ribu per kilo. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan harga ayam dan telur terus turun usai melonjak tajam setelah Idul Fitri.

Namun demikian, Kemendag mengakui belum mampu membuat harga telur dan ayam tersebut kembali ke level normal.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahja Widjayanti mengatakan, kenaikan harga ayam dan telur usai Lebaran di luar perkiraan pemerintah. Bahkan kenaikan ini hingga menjadi pemicu inflasi pada Juli 2018 yang sebesar 0,28 persen. 

"Inflasi bulan Juli dipicu oleh kenaikan harga daging ayam dan telur. Dan memang ini di luar ekspentasi kami. Karena kami menyangka setelah Lebaran harga ayam dan telur akan turun, tetapi ternyata naiknya luar biasa," ujar dia pada 8 Agustus 2018. 

Menurut Tjahja, sebenarnya saat ini harga ayam dan telur di tingkat peternak telah menurun. Sebagai contoh, harga telur di peternak berada di kisaran Rp 17 ribu per kg. Namun sayangnya harga telur di pasaran saat ini masih berada di harga Rp 25 ribu per kg.

"Harga telur sebenarnya saat ini sudah turun di farm gate sebesar Rp 17 ribu. Harga acuannya sekitar Rp 18 ribu, harga batas bawah (di peternak) sekitar Rp 17 ribu, batas atasnya Rp 19 ribu. ‎Dan sampai saat ini kami belum bisa menurunkan secara signifikan, bahkan sampai harga acuan sekalipun. Jadi harga masih di atas harga acuan," ujar dia.

Sedangkan kondisi saat ini, lanjut Tjahja, ada dua pendapat di kalangan pelaku usaha perunggasan. Ada yang menyatakan jika mereka masih merugi, namun ada juga yang mengatakan sudah mendapatkan untung dengan level harga saat ini.

"Mereka sudah teriak-teriak. Karena harga faktor produksinya naik, harga DOC-nya naik, harga jagung naik. Kemarin kami juga sudah panggil industri pakan dan DOC," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunggu Via Vallen di Lapangan Ternate

Posted: 02 Sep 2018 09:34 PM PDT

 

Liputan6.com, Ternate - Sejumlah artis ibukota seperti Via Vallen, Cakra Khan dan Yopie Latul akan meramaikan pelaksanaan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) yang dipusatkan di lapangan Gelora Kieraha Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) pada 9 September 2018.

"Artis yang memastikan tampil dalam pelaksanaan Haornas diantaranya Via Vallen, Cakra Khan dan Yoppi Latul," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Ternate, Sukarjan Hirto di Ternate, Senin (3/9/2018), dilansir Antara.

Dia mengatakan, berbagai infrastruktur telah dibenahi, terutama tempat pelaksanaan Haornas di Gelora Kieraha Ternate dan akan rampung sebelum 9 September nanti.

Bahkan, pelaksanaan Haornas yang dipusatkan di Kota Ternate ini rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, sehingga berbagai infrastruktur telah dibenahi sebagai tuan rumah Haornas tahun 2018, karena tamu nusantara dan mancanegara akan hadir di Kota Ternate.

"Untuk persiapan menyambut para tamu sudah dipersiapkan lebih awal dan Ternate akan menjadi salah satu kota yang tersibuk, dikarenakan bakal banyak kedatangan tamu baik Nusantara maupun Mancanegara," ujarnya.

Menurut dia, penyambutan kehadiran ribuan tamu tentunya harus disiapkan secara matang, mulai ketersediaan tempat penginapan mulai dari hotel hingga transportasi seperti bus yang disediakan bagi tamu.

Kegiatan itu sendiri akan digelar pada saat pembukaan Haornas itu akan dilakukan di Stadion Gelora Kieraha.

"Acara pembukaan Haornas akan dilaksanakan di Gelora, juga ada obor Asian Para Games, Sepeda Nusantara dan pameran," ujarnya.

Kegiatan Obor Asian Para Games dan sepeda Nusantara akan dilaksanakan di dua tempat berbeda.

Obor Asian para Games dilaksanakan di Kesultanan Ternate. Berbagai acara bakal dilaksanakan di semua lintas SKPD, dan seluruh masyarakat bakal dilibatkan dalam menyambut Haornas tersebut.

"Sedangkan pameran dilaksanakan di Duaffa Center pada 9 September dan untuk acara sepeda itu nanti mulai start dari kawasan Landmark dan berakhir di objek wisata Pantai Jikomalamo," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bentrokan Maut Picu Ratusan Tahanan Kabur dari Penjara Libya

Posted: 02 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Tripoli - Sekitar 400 orang tahanan dilaporkan kabur dari sebuah lembaga pemasyarakatan di dekat ibukota Libya, Tripoli, menyusul aksi kekerasan yang mematikan antara kelompok-kelompok milisi di kota itu.

"Para tahanan berhasil membuka pintu dengan paksa, untuk pergi meninggalkan penjara Ain Zara," kata polisi setempat.

Dikutip dari BBC pada Senin (3/9/2018), polisi menambahkan bahwa para penjaga kalah jumlah dalam menghadapi ratusan tahanan yang memaksa kabur, setelah sebelumnya terjadi kerusuhan besar di dalam penjara.

Bentrokan antar milisi di Tripoli telah menyebabkan pemerintah Libya --yang didukung PBB-- menyatakan kondisi darurat. Insiden pada Minggu 2 September itu terjadi pasca-kekerasan bersenjata antara faksi-faksi yang bersaing di sekitar lapas, yang hanya menampung tahanan laki-laki.

Banyak dari tahanan yang ditahan di penjara Ain Zara di Tripoli tenggara, diketahui mendukung bekas pemimpin Libya Muammar Khadafi, dan telah dinyatakan bersalah atas beberapa kasus pembunuhan selama pemberontakan massal pada 2011 silam.

Secara terpisah pada hari Minggu, dua orang tewas dan beberapa lainnya terluka ketika roket menghantam sebuah kamp di ibukota Libya, menyebabkan ratusan orang terlantar, menurut layanan darurat setempat.

Kementerian Kesehatan Libya melaporkan bahwa sekitar 47 orang, termasuk warga sipil, tewas dalam bentrokan milisi yang bersaing di Tripoli selama seminggu terakhir, dengan puluhan lainnya terluka.

Pemerintah yang didukung PBB berkuasa di ibukota, tetapi milisi menduduki sebagian besar wilayah lain di negara itu.

Kekerasan di Libya terjadi pekan lalu ketika milisi dari sebuah kota di pinggiran Tripoli menyerang wilayah selatan, yang mengarah ke pertempuran dengan milisi lokal yang mendukung pemerintah --dan diakui secara internasional-- Government of National Accord (GNA).

GNA telah menggambarkan bentrokan sebagai "upaya untuk menggagalkan transisi politik damai" di negara itu, menambahkan bahwa "tidak bisa tetap diam atas serangan di Tripoli dan sekitarnya, yang merupakan pelanggaran keamanan di ibukota dan warga negara Libya".

Human Rights Watch juga mengutuk kekerasan tersebut, menambahkan bahwa setidaknya 18 orang yang tewas dilaporkan warga sipil, di antaranya empat anak-anak.

Ratusan imigran yang terperangkap oleh pertempuran telah dipindahkan ke pusat-pusat detensi lainnya, sementara bandara kota itu ditutup selama dua hari sejak Jumat 31 Agustus.

 

Simak video pilihan berikut:

Seruan Penghentian Kekerasan

Warga melihat-lihat dampak kerusakan akibat serangan bom mobil ganda di Kota Benghazi, Libya, Rabu (24/1). Korban dari kedua peristiwa itu meliputi personel militer dan warga sipil. (AFP PHOTO/Abdullah DOMA)

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan "penggunaan kekuatan yang tidak pandang bulu merupakan pelanggaran hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia internasional".

Oleh karenanya, ia mendesak semua pihak untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi mereka yang membutuhkan, termasuk di Libya.

Pada Sabtu 1 September, AS, Inggris, Prancis dan Italia menyerukan untuk segera mengakhiri kekerasan mematikan di ibukota Tripoli.

Pernyataan bersama mengatakan upaya "untuk melemahkan otoritas Libya yang sah dan menghambat proses politik yang sedang berlangsung, tidak dapat diterima".

"Kami menyerukan kepada kelompok-kelompok bersenjata untuk segera menghentikan semua aksi militer dan memperingatkan mereka yang berusaha merusak stabilitas, di Tripoli atau tempat lain di Libya, maka mereka akan bertanggung jawab untuk itu," kata pernyataan bersama terkait.

Namun upaya gencatan senjata berturut-turut sejauh ini gagal menghentikan pertempuran sengit antar beberapa milisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Maia Estianty dan Ahmad Dhani yang Jadi Mentor Dul Bermusik

Posted: 02 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski darah seninya diwarisi dari Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Dul Jaelani tak menjadikan orangtuanya sebagai mentor dalam bermusik.

Hal tersebut diketahui saat Dul Jaelani merilis single ketiganya yang berjudul "Taklukkan Dunia".

Pada salah satu video yang ditampilkan di acara itu, Dul Jaelani menyebut bahwa keberhasilannya merilis lagu tersebut tak lepas dari peran Pay. 

"Menurut saya bila ingin menaklukkan dunia, kita harus belajar dari mentor yang sudah menaklukkan dunia, oleh karena itu untuk lagu terbaruku nanti Taklukkan Dunia saya beruntung bisa belajar langsung untuk produksi musik dari sang ahlinya, yaitu Bang Pay @payburman," tulis Dul Jaelani pada caption videonya.

 

 

Dibenarkan Ahmad Dhani

Ahmad Dhani dan Pay (Instagram/ @ahmaddhaniprast)

Dan siapa sangka jika Pay adalah sosok yang berjasa besar dalam mengenalkan Dul Jaelani ke dunia musik. Fakta itu terungkap lewat posting-an dari Ahmad Dhani di akun Instagram-nya belum lama ini. 

"Thank you for bringing my son into music," tulis Ahmad Dhani singkat.

 

 

Siapa Pay?

Pay BIP

Bagi pencinta musik 90-an, nama Parlin Burman Siburian atau lebih dikenal dengan nama Pay pasti sudah tak asing lagi.

Ya, dia adalah gitaris dari grup band BIP yang juga sudah diakui sebagai salah satu gitaris terbaik di Indonesia. (Kapanlagi.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentalitas dan Kesabaran Pemain Barcelona Dipuji

Posted: 02 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona meneruskan laju kemenangan mereka di pekan ketiga Liga Spanyol 2018-19. Menjamu Huesca di Camp Nou, Minggu (2/9/2018) malam WIB, Blaugrana menang telak 8-2.

Barcelona sempat tertinggal pada awal babak pertama. Huesca mencetak gol di menit ke-3 melalui Cucho Hernandez, gol yang mengejutkan publik Camp Nou

Namun, kebobolan lebih dulu justru membangunkan para pemain Barelona. Lionel Messi cs terus bermain sabar dan mencoba membongkar pertahanan Huesca.

Permainan dan kesabaran dinilai menjadi kunci kemenangan Barcelona. Pujian pun datang dari sang pelatih, Ernesto Valverde.

Bermain Sabar

Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Lionel Messi ke gawang Huesca pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (2/8/2018). Barcelona menang 8-2 atas Huesca. (AFP/Lluis Gene)

"Kami melakukan banyak serangan dan mencetak banyak gol, yang merupakan hasil permainan apik dan peluang-peluang yang diciptakan," kata Valverde dikutip dari marca.

"Kami membalikkan kedudukan (setelah gol pembuka Huesca di menit ketiga) dengan bermain sabar dan berusaha menembus area bermain mereka."

Dikatakannya, gol pertama Huesca tersebut memang mengejutkan para pemain Barca yang belum siap karena laga baru dimulai. Sedangkan gol kedua, pemain Barcelona tak menduganya.

"Kami masih belum siap ketika kebobolan gol pertama, sedangkan gol kedua tersebut tak terduga," jelasnya.

Mentalitas

Lebih lanjut, Valverde pun memuji mentalitas timnya yang terus berjuang di babak kedua. Skor 3-2 saat paruh waktu tak membuat timnya puas dan terus berjuang menambah gol lagi di babak kedua.

"Hasil pertandingan itu masih mengambang di paruh waktu, tetapi di babak kedua kami menuntaskannya dan kami lebih efektif."

"Kami tak memberikan banyak peluang untuk lawan, dan berhasil memaksimalkan peluang kami menjadi gol," pungkasnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bahaya, Jutaan Sampah Plastik Kepung Kamboja

Posted: 02 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Krisis sampah plastik turut mencengkram Kamboja. Sebanyak 10 juta kantong plastik digunakan setiap harinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Penampilan Jack Ma di Penutupan Asian Games 2018 Jadi Sorotan

Posted: 02 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Reaksi warganet soal penampilan mengejutkan pendiri sekaligus CEO Alibaba Group, Jack Ma, di penutupan Asian Games 2018 jadi sorotan.

Surprise performance sang taipan asal Tiongkok ini menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi akhir pekan, Minggu (2/9/2018).

Ada juga dua artikel lain yang tak kalah menariknya dan paling banyak dicari pembaca, di antaranya pujian Jack Ma terhadap pemerintah Indonesia atas kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018, dan cara menonton penutupan Asian Games 2018 di BBM.

Lebih lengkap, yuk simak ketiganya berikut ini.

1. Reaksi Lucu Warganet Soal Penampilan Jack Ma di Penutupan Asian Games 2018

Jack Ma di Closing Ceremony Asian Games 2018

Penampilan mengejutkan sang pendiri sekaligus CEO Alibaba Group Jack Ma di penutupan Asian Games 2018, cukup menjadi sorotan.

Pasalnya, sang taipan asal Tiongkok ini dikenal sebagai salah satu orang paling kaya di negara asalnya. Selain itu pula, ini merupakan kali pertama Jack Ma datang ke Indonesia.

Dalam surprise performance-nya, orang nomor satu di Alibaba ini tampil dengan kostum tradisional Tiongkok berwarna abu-abu. Ia jalan bersama seorang gadis kecil dan bergandengan tangan.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Jack Ma Puji Kesuksesan Asian Games 2018

Pertemuan Jack Ma dengan Menkominfo Rudiantara di Jakarta. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia kembali mendapat apresiasi. Kali ini, pujian berasal langsung dari pendiri dan CEO Alibaba Group Jack Ma yang berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri upacara penutupan.

Menurut Jack Ma, tidak mudah untuk menggelar hajatan sebesar ini. Ia menilai Indonesia telah berhasil melakukannya. Jack Ma juga mengaku dirinya sangat senang saat menyaksikan salah satu pertandingan.

"Saya rasa gelaran ini sangat sukses dan tidak mudah menyelenggarakan acara. yang sebesar ini. Saya mengikuti salah satu pertandingan dan sangat excited dengan pertandingan kemarin," tuturnya kepada Tekno Liputan6.com saat ditemui usai pertemuan dengan sejumlah menteri di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Selengkapnya baca di sini

3. Tonton Closing Ceremony Asian Games 2018 di BBM, Begini Caranya

Ratusan warga antusias menghadiri Festival Asian Games 2018 yang digelar di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta pada hari Sabtu (1/9/2018). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Upacara penutupan atau closing ceremony Asian Games 2018 bakal digelar pada malam ini, Minggu, 2 September 2018.

Selain menyuguhkan atraksi dari seniman dalam negeri yang spektakuler, upacara penutupan pesta olahraga terbesar se-Asia ini juga akan dimeriahkan dengan kehadiran dua idola Korea Selatan, Super Junior (SuJu) dan iKON.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN: Gerakan 2019 Ganti Presiden Sudah Taat Aturan

Posted: 02 Sep 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengomentari ucapan Presiden Jokowi yang mengingatkan gerakan #2019GantiPresiden untuk tidak melanggar aturan. Menurut dia, selama ini gerakan #2019GantiPresiden sudah taat aturan.

"Perlu diperjelas apa yang dimaksud taat aturan. Sejauh ini, #2019GantiPresiden tidak membahayakan siapa pun. Bahkan, ini bagian dari penyaluran kebebasan menyampaikan pendapat sebagaimana diatur UU," kata Saleh saat dihubungi merdeka.com, Senin (3/9/2018).

Saleh mengatakan gerakan #2019GantiPresiden sama saja dengan #2019TetapJokowi. Sehingga tidak adil jika hanya #2019GantiPresiden yang dianggap melanggar aturan.

"Kalau #2019GantiPresiden dianggap melanggar aturan, berarti #2019TetapJokowi juga melanggar aturan. Kalau kedua tagar ini dianggap sama, semestinya dua-duanya diperbolehkan. Silakan masyarakat yang memilih mana yang paling baik," ungkapnya.

"Tidak adil kalau yang satu dianggap melanggar, sementara yang lainnya tidak. Padahal, semua mengerti arah masing-masing tagar tersebut," katanya.

Menurut dia, yang perlu ditekankan adalah kesadaran saling menghormati dalam mengemukakan pendapat. Tugas aparat kepolisian juga harus berimbang dan tidak boleh memihak.

"Tugas aparat keamanan adalah memastikan bahwa kedua pendukung tagar itu tidak menimbulkan riak yang tidak baik. Harus dipastikan bahwa aparat keamanan tidak berat sebelah," ucapnya.

 

Dapat Penolakan

Acara deklarasi #2019GantiPresiden di beberapa sempat dicegah oleh pihak Kepolisian. Alasannya demi keamanan.

Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia merupakan negara demokrasi yang menjunjung tinggi prinsip berpendapat dan berkumpul. Hal itu ia katakan dalam menanggapi soal pengadangan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap massa gerakan #2019GantiPresiden di beberapa daerah.

"Tapi ingat ada batasannya, yaitu aturan-aturan. Artinya apa? Polisi melakukan sesuatu itu untuk apa? Pertama, ketertiban sosial untuk menjaga keamanan," kata Jokowi.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Ucapkan Terima Kasih pada Tim Medis OCA

Posted: 02 Sep 2018 09:22 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) mengucapkan terima kasih kepada OCA Medical and Anti Dopping Office atas kepercayaannya kepada tim bidang kesehatan dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Menkes memberikan cinderamata dan menyalami Chairman of Medical Comottee and Anti Dopping Commision OCA, Dr. M. Jegathesan, dan seluruh timnya yang berjumlah lebih kurang 23 orang.

"Welcome to our meeting, Minister. Thank you very much for your medical services, we are very satisfied", tutur Jegathesan seperti dikutip dari laman Kemenkes, Jumat.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Jegathesan mengapresiasi dan merasa puas terhadap kinerja tim kesehatan Asian Games di Indonesia karena hingga menjelang penutupan Asian Games tetap terkondisi dengan baik, baik itu dari situasi kesehatan secara umum, keamanan pangan, pencegahan penyakit, maupun layanan kegawatdaruratannya.

"Everything is good. Especially medical departement they do excellent. The doctor, paramedic, and ambulans, is more than enough", tambah salah satu anggota OCA yang berasal dari Saudi Arabia.

Menkes Nila Farid Moeloek juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas support yang diberikan pihak OCA kepada Tim Kesehatan Indonesia dalam Asian Games 2018. Seperti kita ketahui peran bidang kesehatan dalam sport event sangat besar, di samping melibatkan banyak orang, juga memiliki potensi risiko terjadinya cedera atau luka akibat kecelakaan saat berolah raga.

"Kesehatan menjadi concern kami, mengingat kegiatan olah raga sangat dekat dengan risiko terjadinya injury dan trauma", tutur Menkes.

Menteri Kesehatan juga menyatakan bahwa sangat berterima kasih kepada seluruh jajaran tim kesehatan yang telah bekerja keras untuk memberifoto bersama tenaga kesehatan di medical center GBKkan pelayanan kesehatan sepanjang penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia.

"Saya juga sangat berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah bekerja keras untuk kesehatan dalam event Asian Games di negara kita tercinta ini,"

Di akhir pertemuan, OCA menyatakan bahwa keseriusan dan keberhasilan kinerja tim kesehatan Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games diharapkan menjadi bekal pengalaman bagi tenaga kesehatan Indonesia yang dinilai siap untuk pesta olah raga yang lebih besar lagi, misalnya Olimpiade.

Menkes memberikan cinderamata dan menyalami Chairman of Medical Comottee and Anti Dopping Commision OCA, Dr. M. Jegathesan. (Liputan6.com/Loop/Rokom Kemenkes)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Soetikno Soedarjo Terkait Kasus Suap Pesawat Garuda

Posted: 02 Sep 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Bos PT Mugi Rekso Abadi (MRA) Soetikno Soedarjo terkait kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia. Dia akan diperiksa untuk tersangka mantan Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

"Soetikno Soedarjo akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ESA (Emirsyah Satar)," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (3/9/2018).

Berdasarkan pantauan, Soetikno telah tiba di Gedung KPK Jakarta Selatan pada pukul 10.00 WIB. Dia enggan menjawab saat dicecar pertanyaan oleh awak media.

KPK telah menetapkan dua tersangka terkait kasus suap pengadaan pesawat tersebut, yaitu Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo yang merupakan Presiden Komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA). Emirsyah Satar dalam perkara ini diduga menerima suap 1,2 juta euro dan US$ 180 ribu atau senilai total Rp 20 miliar.

Dia juga diduga menerima barang senilai US$ 2 juta yang tersebar di Singapura dan Indonesia, dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce, dalam pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS pada periode 2005-2014 di PT Garuda Indonesia.

KPK menduga, pemberian suap pengadaan pesawat itu dilakukan melalui seorang perantara Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner dari Connaught International Pte Ltd yang berlokasi di Singapura.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Hujan di Musim Kemarau Bikin Ribuan Ikan Cisadane 'Mabuk'

Posted: 02 Sep 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Hujan pertama di akhir musim kemarau ternyata membawa berkah bagi warga di sekitar Sungai Cisadane, Kota Tangerang. Pasalnya, ribuan ikan penghuni sungai terluas di wilayah tersebut tiba-tiba muncul dan asyik berenang di permukaan sungai.

Ratusan warga memanfaatkan momen tersebut dengan mancing massal di bantaran sungai tersebut. "Dari jam 09.00 pagi, lagi asyik nongkrong kan, tahu-tahu ikan kayak mujaer, tawes, patin, lele, pada berenang muncul di permukaan. Banyak banget," tutur Samsudin, salah seorang warga Kali Pasir, Kota Tangerang, Senin (3/9/2018).

Mendadak sontak ratusan warga langsung menghampiri bantaran sungai dengan membawa alat pancing masing-masing. Malah ada yang membawa jaring atau jala nelayan, sehingga orang yang akan menjala ikan harus berenang ke tepian sungai.

"Malah ada yang bawa senapan angin. Jadi, mancingnya ditembak, bising sih, curang," kata Samsudin seraya tertawa.

Waskito, salah seorang warga lainnya, menunjukkan ikan tangkapannya. Dia mendapat ikan mujair seberat 1,5 kilogram dan ikan patin 1 kilogram per ekornya. "Cuma diserok sama anak saya itu, langsung dapat," katanya seraya menunjukan hasil tangkapan.

 

Perkiraan

Ribuan ikan penghuni sungai terluas di wilayah tersebut, tiba-tiba muncul dan asik berenang di permukaan sungai. (Liputan6.com/Pramita)

Menurutnya, hal tersebut biasa terjadi bilamana hujan deras atau dengan intensitas lama, pertama kali mengguyur pada akhir musim kemarau. Perkiraannya, sungai yang semula menyusut dan menyisahkan lumpur yang panas di dasar, akan naik ke atas dan membuat suhu air panas.

"Jadi, pada naik semua ikannya. Sudah biasa kaya gini pas awal-awal turun hujan, jadi kaya pada mabuk ikannya," tutur Waskito.

Hal ini dianggap rejeki untuk warga sekitar. Biasanya, kalau mancing bisa makan waktu berjam-jam baru dapat ikan. Tapi tidak hari ini, dengan mudahnya ikan ditangkap meski hanya mengandalkan serokan jaring.

Bahkan jika beruntung, warga akan mendapat ikan seberat 10 kilogram perekornya. "Biasanya jenis lele atau patin, mudah-mudahan nongol juga nih yang gedenya," ujarnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Miris, Siswa SD Kertajaya Bogor Bertahun-tahun Terpaksa Belajar di Lantai

Posted: 02 Sep 2018 09:21 PM PDT

Siswa kelas II SDN Kertajaya 2 mengikuti aktivitas belajar di lantai kelas, di Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas II SDN Kertajaya 2 mengikuti aktivitas belajar di lantai kelas, di Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang murid kelas II melakukan kegiatan belajar di lantai kelas SDN Kertajaya 2, Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang murid kelas II melakukan kegiatan belajar di lantai kelas SDN Kertajaya 2, Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas II SDN Kertajaya 2 mengikuti aktivitas belajar di lantai kelas, di Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas II SDN Kertajaya 2 mengikuti aktivitas belajar di lantai kelas, di Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah murid kelas II melakukan kegiatan belajar di lantai kelas SDN Kertajaya 2, Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah murid kelas II melakukan kegiatan belajar di lantai kelas SDN Kertajaya 2, Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas II SDN Kertajaya 2 mengikuti aktivitas belajar di lantai kelas, di Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas II SDN Kertajaya 2 mengikuti aktivitas belajar di lantai kelas, di Rumpin, Bogor, Senin (3/9). Tidak tersedianya meja dan kursi di tiga ruang kelas menyebabkan mereka belajar di lantai selama lebih dari 3 tahun. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rian D’Masiv Dikaruniai Anak Kedua

Posted: 02 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rian Ekky Pradipta, atau Rian D'Masiv, baru saja dikaruniai anak kedua. Istri Rian D'Masiv, Sri Ayu Mutisari, diketahui melahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak ASIH, Jakarta Selatan, pada Senin, 3 September 2018.

Melalui unggahannya pada akun Instagram pribadinya @rianekkypradipta, Rian D'Masiv mengucap syukur atas kelahiran putranya.

"Alhamdulilah telah lahir dengan selamat anak ke 2 kami pada pukul 00.03 tanggal 3 september 2018 dgn jenis kelamin laki laki.. berat 3,350 Kg, panjang 50 cm .." tulisnya dalam keterangan foto tersebut.

Sebelumnya, Rian D'Masiv sudah lebih dulu dikaruniai anak pertama berjenis kelamin perempuan bernama Euralia Cassidy Pradipta. 

 

 

Putri Rian D'Masiv Ikut Senang

Rian D'Masiv mendapatkan anak kedua (Instagram/ @rianekkypradipta)

Pada Instagram Story Rian D'Masiv, anak sulungnya, Euralia Cassidy Pradipta, mengungkapkan rasa senang karena telah memiliki seorang adik. Rian D'Masiv kemudian mengajak putrinya untuk ke rumah sakit menemui ibu dan adiknya. 

Pada unggahan sebelumnya, Euralia terlihat tengah memeluk ibundanya. Rian D'Masiv menceritakan bahwa anak pertamanya yang masih berusia 5 tahun itu sedih lantaran tidak bisa menemani ibunya karena masih di bawah umur.

 

 

Masih Manggung

Rian D'Masiv mendapatkan anak kedua (Instagram/ @rianekkypradipta)

Menjelang kelahiran anak keduanya, Rian D'Masiv ternyata tak bisa mendampingi istrinya karena harus manggung bersama band-nya di Jonggol, Bogor. Rian D'Masiv juga mengungkapkan kesedihannya ini dalam Instagramnya. 

"Tunggu papa ya @aypnm ralia dan jagoan ku. Papah manggung di jonggol dulu.. *autonyanyi Bapa mana bapa manaaaa #pejuangnafkah #inginlekasmemelukmulagi" tulisnya. (Felicia Margaretha)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melalui Sistem Usaha Pertanian, Kementan Sukses Kembangkan Lahan Kering di Banten

Posted: 02 Sep 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Potensi pengembangan lahan kering menjadi area pertanian produktif terus didorong guna menopang target swasembada pangan. Salah satu upaya untuk mendorong hal tersebut Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan lahan kering melalui program Sistem Usaha Pertanian (SUP) Inovatif, seperti yang berhasil di kembangkan di Banten.

Melalui Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Kementan terus menggali potensi ini dan telah mengidentifikasi beberapa wilayah Banten yang potensial untuk dikembangkan. Provinsi yang merupakan penyangga pangan ibukota ini memiliki lahan kering seluas potensial seluas 157.546 hektar.

"Kita sudah berhasil mengembangkan pemanfaatan lahan kering di Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. Sebagai target utama di wilayah Banten, kecamatan ini memiliki total lahan kering seluas 2.683 hektar. Kita dorong melalui Sistem Usaha Pertanian Inovatif," kata Kepala BBP2TP, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementan Haris Syahbuddin saat dihubungi pada Minggu (02/09/2018).

Haris menyatakan, SUP Inovatif adalah sistem usaha pertanian yang berbasis teknologi, yakni: penerapan mekanisasi pertanian sesuai kebutuhan dan mudah diterapkan. Lalu, pengelolaan lahan dan air yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan iklim, serta dirancang dengan sistim yang dinamis.

Desa Cilayang merupakan satu dari lima belas desa di Kecamatan Cikeusal yang menjadi fokus pengembangan SUP Inovatif dengan sasaran utama adalah Kelompok Tani Tunas Harapan I. "SUP Inovatif yang dikembangkan di lokasi tersebut sarat dengan pengenalan teknologi, antara lain teknologi embung, pompanisasi dan geo-membran, dan teknologi budidaya khususnya budidaya tanaman hortikultura. Selain itu dilakukan pula pendampingan dan bimbingan teknis, hingga bagaimana membangun jaringan bisnis," terang Haris.

Kurniawan (26), salah satu anggota kelompok tani Tunas Harapan I mengaku bahwa dia merasakan berbagai manfaat dari kegiatan ini. Pria yang telah mengikuti program SUP Inovatif sejak tahun 2017 ini menambahkan, budidaya sayuran yang digelutinya bersama dengan anggota kelompok tani lainnya telah ada saluran pemasarannya.

Kurniawan menerangkan produksi anggota kelompok tani itu ditampung dan kemudian dipasarkan ke beberapa tempat bahkan tembus ke Pasar Induk Kramat Jati Jakarta dan Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang. "Lahan menjadi produktif, produk berkualitas, dan pemasaran produk juga mudah," singkat Kurniawan.

Haris selaku penanggungjawab kegiatan program berharap, SUP Inovatif dapat menjadi wadah interaksi yang lebih intensif antara Kementan selaku penyedia teknologi, penyuluh sebagai saluran diseminasi serta petani sebagai pengguna teknologi. Kemanfaatan yang dirasakan masyarakat selain mewujudkan peningkatan produksi, juga menciptakan penumbuhan usaha Kelompok Tani serta pengembangan sumberdaya manusia (SDM) Petani.

"Kami minta juga kepada kelompok tani agar selalu semangat untuk belajar mengimplementasikan teknologi dan menerapkannya secara berkelanjutan," pinta Haris.

Sebagai informasi, Kementan melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian mengidentifikasi seluas 24 juta hektar lahan kering yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman pangan. Lahan kering seluas itu tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Di Pulau Jawa, yang dikenal subur pun terdapat beberapa daerah berlahan kering yang berpotensi untuk dimanfaatkan. Dengan adanya BPTP di tiap provinsi, maka diharapkan bisa bahu membahu bersama penyuluh setempat dalam mengedukasi serta mendampingi kelompok tani dalam penerapannya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Agustus 2018 Deflasi di Angka 0,05 Persen

Posted: 02 Sep 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa pada Agustus 2018 mengalami deflasi sebesar 0,05 persen. Angka ini berbanding terbalik dibandingkan Juli 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,28 persen.

Deflasi Agustus 2018 tersebut lebih rendah dibandingkan Agustus 2017 yang mengalami deflasi sebesar 0,22 persen.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan,‎ dengan deflasi ini berarti tingkat inflasi tahun kalender Januari-Agustus sebesar 2,13 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun Agustus 2018 ke Agustus 2018 3,20 persen.

‎"Inflasi pada Agustus 2018, berdasarkan perkembangan harga berbagai komoditas pada Agustus secara umum mengalami penurunan. Ini menggembirakan karena di bawah target, diharapkan inflasi tetap terkendali," ujar dia di Kantor BPS, Jakarta, Senin (3/9/2018).

Dia menjelaskan, dari 82 kota IHK, 52 kota mengalami deflasi. Sedangkan 30 kota mengalami inflasi. Deflasi tertinggi dialami Kota Baubau sebesar 2,49 persen dan deflasi terendah yaitu Jember sebesar 0,01 persen.

"Deflasi tertinggi di Baubau‎. Karena penurunan harga ikan segar dan transportasi udara," kata dia.

Sedangkan kota yang mengalami inflasi tertinggi yaitu Tarakan 0,62 persen dan inflasi terendah yaitu Padangsidempuan dan Medas sebesar 0,01 persen.

Bank Indonesia Prediksi Agustus Bakal Deflasi

Pedagang menunggu dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Badan Pusat Statistik merilis dari kelompok pengeluaran, bahan makanan mengalami deflasi sebesar 0,07% (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, survei yang dilakukan Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa inflasi pada Agustus sangat terkendali. Bahkan kemungkinan besar di bulan ke delapan ini akan deflasi.

"Data BI menunjukan inflasi Agustus cukup baik malah mungkin saja bisa deflasi. So far angka volatile food cukup terkendali," jelas Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara pada Jumat 31 Agustus 2018.

Ia melanjutkan, memang ada beberapa gejala volatile food mulai naik tapi pemerintah sudah mengantisipasinya dengan membuka keran impor jika memang dibutuhkan. Salah satunya adalah beras.

BI sangat mengapresiasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang mampu bergerak cepat mengendalikan harga pangan dalam beberapa tahun terakhir.

"TPID mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi bahkan ada award untuk daerah yang mampu mengendalikan inflasi dengan baik," tutur Mirza.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dongkrak Penumpang, Landasan Pacu Bandara Adi Soemarmo Diperpanjang

Posted: 02 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Landasan pacu Bandara Adi Soemarmo Surakarta akan segera diperpanjang dari 2.600 meter menjadi 3.000 meter. Perpanjangan lancasan pasu tersebut untuk penambahan jumlah penumpang.

"Sebagai langkah awal, yang kami lakukan adalah melakukan presentasi langsung di depan Kementerian Perhubungan dan pihak terkait yang berwenang mengenai proyek ini. Salah satu yang kami sampaikan yaitu analisis dampak lingkungan (AMDAL)" kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman seperti dikutip dari Antara, Senin (3/9/2018).

Ia mengatakan proses selanjutnya yang harus dilakukan yaitu pembebasan lahan. Menurut dia, landas pacu tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 43 hektare.

"Harapannya proses berjalan dengan lancar. Target kami pembangunan selesai pada tahun 2020," katanya.

Ia berharap dengan makin panjangnya landas pacu, bandara tersebut dapat menampung pesawat sekelas Boeing 777. Dengan demikian, diharapkan pula makin banyak orang yang datang ke Kota Solo dan sekitarnya.

Ia mengatakan saat ini jumlah penumpang yang melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 8.000 orang per hari. Pihaknya menargetkan dengan penambahan fasilitas tersebut jumlah penumpang bisa bertambah menjadi 22 ribu orang per hari.

 

Bangun Stasiun

Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo Surakarta (Solo) resmi beroperasi pada Kamis (17/5/2018), setelah lolos sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, selain memperpanjang landas pacu, saat ini pihaknya juga tengah menyelesaikan pembangunan stasiun bandara. Ia mengatakan pembangunan tersebut ditargetkan selesai tahun depan.

"Saat ini tinggal atapnya yang masih dalam proses pengerjaan. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu," katanya.

Stasiun bandara tersebut nantinya menjadi salah satu pelengkap transportasi KA bandara yang menghubungkan antara Stasiun Balapan dan Yogyakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sahabat Terdekat Sebut Rossi Pembalap Jenius

Posted: 02 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Bologna - Alessio "Uccio" Salucci sudah kehabisan kata-kata jika diminta untuk membahas sosok pembalap fenomenal di kelas MotoGP, Valentino Rossi. Di mata sahabatnya itu, The Doctor merupakan seorang yang sangat jenius.

Pertemanan Uccio dengan Rossi sudah terjalin sejak lama saat keduanya tinggal di Tavullia. Persahabatan yang dimulai sejak kecil itu masih terjalin hingga saat ini. Bahkan, pria bertubuh gempal itu kerap menemani pemilik nomor 46 itu membalap.

"Itu bukan lelucon bagi kami, tapi itu hanya hobi yang kami sukai untuk dibagikan sejak kami masih anak-anak. Kami menang di usia yang sangat muda dan hidup dalam mimpi. Kemudian kami menyadari bahwa kami memenangkan lebih banyak balapan dan hampir tidak bisa memercayainya," kata Uccio dikutip dari Speedweek, Senin (3/9/2018).

Uccio menceritakan saat Rossi masih muda, dia adalah pembalap yang sulit untuk dikalahkan. Stempel itu masih melekat hingga saat ini meskipun ia sudah berusia 39 tahun.

Selama berkarier sebagai pembalap profesional, pacar Francesca Sofia Novello itu telah mengumpulkan sembilan gelar juara dunia, 115 kemenangan di kejuaraan grand prix, dan naik podium sebanyak 232 kali. Dan, Uccio selalu ada setiap suka maupun duka saat sahabatnya membalap di lintasan pacuan kuda besi.

 

Rahasia Rossi

Alessio 'Uccio' Salucci (kanan) memberikan handuk kepada Valentino Rossi jelang balapan. (sportfair.it)

Tentu saja, Uccio tahu persis apa yang membuat Rossi menjadi salah satu pilot terbaik saat ini.

"Dia (Valentino Rossi) tahu situasinya sampai ke detail terkecil. Siapa yang ada di belakangnya, yang di depannya, yang mengendarai ban lunak atau keras. Valentino adalah seorang jenius dalam hal hal-hal sepele," puji Uccio.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Festival Musim Gugur dengan Kue Bulan Ekslusif

Posted: 02 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kue bulan menjadi kue yang cukup legendaris dalam tradisi adat China. Pearl Chinese Restaurant di JW Marriott Hotel Jakarta menghadirkan kue bulan ini dalam rangka Festival Musim Gugur.

Kue bulan inipun dibuat dari bahan-bahan terbaik tanpa pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Sehingga cocok dijadikan sebagai hadian yang elegan. Kue bulan sebagai hadiah inipun dipercaya akan memberi keberuntungan kepada keluarga atau mitra bisnis.

Tersedia dari 24 Agustus-24 September 2018, Anda bisa mendapatkan kue bulan yang dikemas dalam dua pilihan dengan nuansa Red Chinoiserie. Paket Ruby akan berisi dengan empat kue bulan berukuran besar. Sementara paket Jade berisi enam kue bulan kecil dengan aneka rasa.

Dijadikan hadiah

Pearl Chinese Restaurant di JW Marriott Hotel Jakarta akan merayakan Festival Musim Gugur dengan kue bulan ekslusif

Sebagai hadiah di mewah di musim gugur ini, Pearl Chinese Restaurant akan memberikan beberapa tambahan kreasi. Di antaranya adalah White Lotus and Truffle with Single Egg Yolk, Peach and Orange with Single Egg Yolk sebagai tambahan dari White Lotus with Double Egg Yolk, Bamboo Charcoal with Pandan and Coconut, Red Bean dan tak ketinggalan varian Green Tea.

Tradisi minum teh

Pearl Chinese Restaurant di JW Marriott Hotel Jakarta akan merayakan Festival Musim Gugur dengan kue bulan ekslusif

Pearl Chinese Restaurant pun mempersembahkan mooncake tea pairing yang berbeda. Bekerja sama dengan Ten Ren's Tea, restoran ini akan menyajikan suatu tradisi di Tiongkok untuk menikmati kue bulan dengan sepoci teh panas.

Untuk menghidupkan kembali tradisi ini di Indonesia, Pearl Chinese Restaurant akan memadupadakan setiap varian rasa kue bulan dengan jenis teh tertentu. Seperti Kings Tea, Oolong Tea, dan Black Tea. Ini akan memberikan pengalaman baru bagi penikmat kue bulan di Mooncake Gallery.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

India Belajar Manajemen Penyelenggaran Haji Indonesia

Posted: 02 Sep 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Haji India melakukan diskusi dengan pimpinan Daerah Kerja (Daker) Madinah. Karena memang ternyata, manajemen haji Indonesia yang rupanya banyak diakui oleh negara lain.

Wakil Kepala Urusan Haji India, Haji Syekh Jina Nabi mengatakan, tujuan kedatangan mereka untuk berdiskusi mengenai pengelolaan haji.

"Kita berdiskusi mengenai makanan, tranportasi, dan kesehatan. Insya Allah usai berdiskusi, India dapat memperbaiki layanan haji," ujar Jina.

Sementara itu, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Muhammad Khanif mengatakan, delegasi India yang datang mengapresiasi sistem penyelenggaraan haji Indonesia.

Delegasi India mengatakan, Indonesia mampu mengelola jemaah haji dalam jumlah banyak dengan sistem yang baik.

"Itu yang mereka katakan langsung kepada kita," kata Khanif.

Dia memaparkan, jumlah jemaah haji Indonesia terbesar di dunia yakni 221 ribu orang. Sementara India, memiliki jemaah haji sekitar 175 ribu orang. "Terdiri dari 135ribu haji reguler dan 45 ribu haji khusus," ucap dia.

Menurut Khanif, sebetulnya kedua negara memiliki banyak kesamaan. Kesamaan tersebut, kata dia, mulai dari sistem masa tinggal mencapai 40 hingga 42 hari di Arab Saudi, hingga penggunaan tempat pemondokan baik jemaah maupun petugas yang sama-sama menggunakan sistem sewa.

"Satu-satunya perbedaan ialah pada sistem penentuan masa pemberangkatan jemaah haji," tutur Khanif.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Selalu Ingin Belajar

6.194 jemaah haji Indonesia bergerak ke Madinah. (www.haji.kemenag.go.id)

India, kata Khanif, menggunakan sistem pengundian untuk menentukan jemaah haji yang berangkat. Sedangkan Indonesia, menggunakan sistem pemberangkatan sesuai nomor antrean.

"Melihat sistem tersebut dianggap bagus, India tertarik, katanya tahun depan akan mencontoh dan mengubah model pemberangkatan jamaahnya," terang Khanif.

Khanif menyebut, selain ingin belajar, kedatangan para delegasi misi haji India itu ingin meningkatkan kerja sama kedua negara dalam urusan haji.

"Mereka beranggapan bahwa kerjasama dalam berbagai hal ini perlu ditingkatkan, karena untuk kepentingan jamaah haji seluruh dunia," jelas Khanif.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melalui Sistem Usaha Pertanian, Kementan Sukses Kembangkan Lahan Kering di Banten

Posted: 02 Sep 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Potensi pengembangan lahan kering menjadi area pertanian produktif terus didorong guna menopang target swasembada pangan. Salah satu upaya untuk mendorong hal tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan lahan kering melalui program Sistem Usaha Pertanian (SUP) Inovatif, seperti yang berhasil dikembangkan di Banten.

Melalui Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Kementan terus menggali potensi ini dan telah mengidentifikasi beberapa wilayah Banten yang potensial untuk dikembangkan. Provinsi yang merupakan penyangga pangan ibukota ini memiliki lahan kering seluas potensial seluas 157.546 hektar.

"Kita sudah berhasil mengembangkan pemanfaatan lahan kering di Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. Sebagai target utama di wilayah Banten, kecamatan ini memiliki total lahan kering seluas 2.683 hektar. Kita dorong melalui Sistem Usaha Pertanian Inovatif," kata Kepala BBP2TP, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementan Haris Syahbuddin, Minggu (02/09/2018).

Haris menyatakan, SUP Inovatif adalah sistem usaha pertanian yang berbasis teknologi, yakni: penerapan mekanisasi pertanian sesuai kebutuhan dan mudah diterapkan. Lalu, pengelolaan lahan dan air yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan iklim, serta dirancang dengan sistim yang dinamis.

Desa Cilayang merupakan satu dari lima belas desa di Kecamatan Cikeusal yang menjadi fokus pengembangan SUP Inovatif dengan sasaran utama adalah Kelompok Tani Tunas Harapan I. "SUP Inovatif yang dikembangkan di lokasi tersebut sarat dengan pengenalan teknologi, antara lain teknologi embung, pompanisasi dan geo-membran, dan teknologi budidaya khususnya budidaya tanaman hortikultura. Selain itu dilakukan pula pendampingan dan bimbingan teknis, hingga bagaimana membangun jaringan bisnis," terang Haris.

Kurniawan (26), salah satu anggota kelompok tani Tunas Harapan I mengaku bahwa dia merasakan berbagai manfaat dari kegiatan ini. Pria yang telah mengikuti program SUP Inovatif sejak tahun 2017 ini menambahkan, budidaya sayuran yang digelutinya bersama dengan anggota kelompok tani lainnya telah ada saluran pemasarannya.

Kurniawan menerangkan produksi anggota kelompok tani itu ditampung dan kemudian dipasarkan ke beberapa tempat bahkan tembus ke Pasar Induk Kramat Jati Jakarta dan Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang. "Lahan menjadi produktif, produk berkualitas, dan pemasaran produk juga mudah," singkat Kurniawan.

Haris selaku penanggungjawab kegiatan program berharap, SUP Inovatif dapat menjadi wadah interaksi yang lebih intensif antara Kementan selaku penyedia teknologi, penyuluh sebagai saluran diseminasi serta petani sebagai pengguna teknologi. Kemanfaatan yang dirasakan masyarakat selain mewujudkan peningkatan produksi, juga menciptakan penumbuhan usaha Kelompok Tani serta pengembangan sumberdaya manusia (SDM) Petani.

"Kami minta juga kepada kelompok tani agar selalu semangat untuk belajar mengimplementasikan teknologi dan menerapkannya secara berkelanjutan," pinta Haris.

Sebagai informasi, Kementan melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian mengidentifikasi seluas 24 juta hektar lahan kering yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman pangan. Lahan kering seluas itu tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Di Pulau Jawa, yang dikenal subur pun terdapat beberapa daerah berlahan kering yang berpotensi untuk dimanfaatkan. Dengan adanya BPTP di tiap provinsi, maka diharapkan bisa bahu membahu bersama penyuluh setempat dalam mengedukasi serta mendampingi kelompok tani dalam penerapannya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres JK Tutup Acara Pembekalan Bakal Caleg Nasdem

Posted: 02 Sep 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menghadiri acara pembekalan bakal calon anggota legislatif (caleg) Partai Nasdem. JK dijadwalkan menutup pekan orientasi 575 caleg DPR RI Nasdem di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Senin (3/9/2018).

Mantan Ketua Umum Golkar itu ditemani Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal Nasdem Johny G Plate saat memasuki Krakatau Ballroom tempat pembekalan para bakal caleg.

JK akan memberikan arahan kepada para bakal caleg Nasdem. Dia menjadi tokoh nasional ketiga yang memberi pembekalan.

Dua hari sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan pengarahan, sekaligus membuka acara. Kemarin, bakal Cawapres Ma'ruf Amin juga memberikan pembekalan.

 

Ideologi Politik Nasdem

Partai Nasdem menyelenggarakan pekan orientasi calon legislatif DPR RI sejak 1 hingga 3 September 2018 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara.

"Caleg Nasdem berasal dari berbagai profesi dan latar belakang yang berbeda, maka penting bagi mereka mengetahui ideologi politik Nasdem," kata Ketua Media dan Komunikasi Publik DPP Partai Nasdem Willy Aditiya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Dirut Pertamina Nicke Widyawati Terkait Korupsi PLTU Riau

Posted: 02 Sep 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur Utama (Dirut) Pertamina Persero Nicke Widyawati sebagai saksi untuk Idrus marham dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Nicke diperiksa dengan kapasitasnya sebagai mantan Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN.

"Yang bersangkutan akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka IM (Idrus Marham). Saksi diperiksa sebagai saksi dalam kapasitas dia sebelumnya di PLN," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (3/9/2018).

Catatan Liputan6.com, dia pernah menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1.

Selain Nicke, penyidik juga memanggil tiga saksi lainnya. Mereka adalah CEO Blackgold Natural Resources Rickard Philip Cecil, Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero) Supangkat Iwan Santoso, dan Kepala Satuan IPP PT PLN M.Ahsin Sidqi.

"Ketiganya juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IM," sambung Febri.

Kasus dugaan suap ini bermula dari Operasi Tangkap Tangan (OTT). KPK baru menetapkan tiga orang tersangka, yakni Eni Maulani Saragih, pemilik Blackgold Natural Insurance Limited Johanes Budisutrino Kotjo, dan mantan Sekjen Golkar Idrus Marham. Idrus diduga secara bersama-sama dengan Eni menerima hadiah atau janji dari Johanes terkait kasus ini.

Idrus disebut berperan sebagai pihak yang membantu meloloskan Blackgold untuk menggarap proyek PLTU Riau-1. Mantan Sekjen Golkar itu dijanjikan uang USD 1,5 juta oleh Johanes jika berhasil menggarap proyek senilai USD 900 juta itu.

Proyek PLTU Riau-I sendiri masuk dalam proyek 35 ribu Megawatt yang rencananya bakal digarap Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali, PT PLN Batubara dan China Huadian Engineering Co. Ltd.

 

Periksa Sejumlah Saksi

KPK menahan mantan Mensos Idrus Marham (Liputan6.com/ Fachrur Rozie)

KPK sudah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan suap ini, mereka di antaranya Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, serta Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa-Bali Investasi Gunawan Y Hariyanto. Kemudian Direktur Utama PT Pembangunan Jawa Bali (PJB) Iwan Agung Firstantara dan Direktur Utama PT Samantaka Batubara Rudi Herlambang.

Pemeriksaan terhadap mereka untuk mendalami kongkalikong PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dengan petinggi PT PLN terkait penunjukan langsung perusahaan Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali, PT PLN Batubara dan China Huadian Engineering Co. Ltd menjadi satu konsorsium yang menggarap proyek tersebut.

Apalagi, dari balik jeruji besi, Eni Saragih sempat mengungkap peran Sofyan Basir dan Kotjo sampai PT PJB menguasai 51 persen asset. Nilai asset itu memungkinkan PT PJB menunjuk langsung Blackgold sebagai mitranya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Audi Siapkan Supercar Elektrik Baru, Lihat Spesifikasinya

Posted: 02 Sep 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, California - Bukan tradisi Audi memamerkan mobil konsep ekstrem di ajang otomotif eksklusif seperti Pebble Beach Automotive Week. Untuk pertama kalinya Audi memajang sebuah konsep supercar elektrik bernama PB 18 e-tron. Produsen Mobil berbasis di Ingolstadt ini, secara terang-terangan memamerkan rencana masa depan mereka mengenai mobil performa tinggi bertenaga listrik .

Audi Aicon, yang diluncurkan 2017 lalu, menjadi basis untuk konsep supercar listrik PB 18 e-tron. Satu-satunya perbedaan di antara mereka, Audi Aicon dirancang sebagai mobil touring mewah yang beroperasi otomatis sepenuhnya. Layaknya pesawat jet pribadi tetapi terbang di jalan aspal. Sedangkan PB 18 e-tron, dimaksudkan menjadi konsep radikal untuk pacuan di jalan raya maupun sirkuit.

Gael Buzyn, kepala desain Audi Loft di Malibu, California, mengatakan, "Kami ingin menawarkan pengalaman yang hanya tersedia di mobil balap seperti Audi R18 — itulah sebabnya kami mengembangkan interior dengan posisi pengemudi yang ideal di tengah. Tetapi tujuan kami adalah untuk juga memberi PB18 e-tron tingkat penggunaan sehari-hari yang tinggi. Tak hanya untuk pengemudi tetapi juga untuk penumpang potensial."

Audi PB 18 e-tron memiliki tampilan yang stylish dengan banyak mengandung teknologi balap. Tidak hanya disokong powertrain serba-listrik, Ia memiliki potensi menghasilkan tenaga sekitar 690 Tk. Fasia depan diisi identitas grille Signature Singleframe Audi dan lampu utama Laser LED. Asupan udara super-besar di ujung depan untuk membantu mendinginkan rem karbon keramik dan motor listrik.

Panjang bodi sekitar 4,53 meter, lebar 2 meter, tinggi 1,15 meter dan jarak sumbu roda 2,70 meter. Penggeraknya terdiri dari tiga motor listrik, dua di antaranya berada di belakang, yang secara terpisah menggerakkan kedua roda belakang dan salah satunya terletak di depan. Dari kombinasi motor listrik itu saja, sudah memberikan sekitar 670 Tk daya maksimum (dapat diboost ke 764 Tk) dengan torsi puncak 830 Nm. PB 18 diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2 detik saja.

 

 

Selanjutnya

Baterai berpendingin cairan yang memiliki daya 95 kWh, tersimpan di dalam mobil untuk mentenagai motor listrik. Pihak pabrikan mengklaim, hanya butuh waktu 15 menit untuk mengisi penuh baterai dan dapat melakukan perjalanan sejauh 500 km dari kondisi penuh dengan tegangan listrik 800 volt. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Sorotan Dunia, Jakarta-Palembang 2018 Disebut Sebagai Asian Games Terbaik dalam Sejarah

Posted: 02 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usai sudah Asian Games 2018, multi-event terbesar di Asia, yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018

Ada banyak kisah yang mewarnai Asian Games 2018, dari acara pembukaan yang spektakuler, bersatunya dua Korea dalam naungan bendera unifikasi, fenomena Jojo alias pebuliutangkis Jonatan Christie, skandal memalukan yang menimpa atlet Jepang, hingga pelukan pesilat Hanifan Yudani Kusumah yang mempersatukan Jokowi dan Prabowo.

Selama dua pekan, sejumlah media asing beramai-ramai menyoroti Indonesia selaku tuan rumah dan salah satu peserta dalam Asian Games 2018.

Hingga ditutup pada 2 September lalu, banyak media asing memberikan tinjauan positif terhadap Tanah Air. Mulai dari prestasi perolehan medali yang tak terduga dengan raihan 31 emas --membuat RI bertengger di peringkat empat-- hingga efisiensi dan efektifitas Jakarta, Palembang, serta kota-kota di sekitarnya selama bertindak sebagai tuan rumah.

"Dengan tuan rumah Indonesia menyajikan pertunjukkan kelas dunia --meski ada sejumlah kendala logistik dan komunikasi, sesuatu yang selalu ada di setiap perhelatan akbar semacam Olimpiade-- Asian Games (2018) telah benar-benar muncul sebagai acara multisport terbesar kedua di dunia. Tidak hanya dalam hal jumlah peserta tetapi juga dalam kualitas atlet dan kemampuan mengorganisasi acara."

Kutipan di atas merupakan tulisan Nazvi Careem, jurnalis surat kabar ternama Hong Kong South China Morning Post (SCMP) dalam artikelnya yang berjudul 'Asian Games: Sun Yang, Jordan Clarkson and other world-class athletes help Indonesia stage the best Games ever', seperti dikutip pada Senin (3/9/2018).

Careem juga memuji kapabilitas INASGOC, dan terkhusus, puluhan ribu muda-mudi sukarelawan dari Indonesia yang selama dua pekan berperan sebagai 'gerigi roda' kecil guna memuluskan gerak operasional sebuah 'mesin besar' bernama Asian Games 2018.

"Para sukarelawan Indonesia ... yang berjumlah lebih dari 30.000 orang, adalah yang terbaik yang pernah ada dan telah memainkan peranan besar dalam menyukseskan the (Asian) Games," tinjau Careem.

Tinjauan positif juga datang dari surat kabar ternama Amerika Serikat The New York Times, yang melansir kantor berita AS The Associated Press (AP), dengan memasang tajuk berita berjudul: "Asian Games Close: Indonesia Shows It's the 'Energy of Asia'", yang rilis pada 2 September.

Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah memberi sambutan pada Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Minggu (2/9). Presiden OCA menyelipkan beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia dalam pidato (ADEK BERRY/AFP)

"Syekh Ahmad al-Fahad al-Sabah dari Kuwait, Presiden Dewan Olimpiade Asia, mendapat tepuk tangan meriah ketika ia menyatakan kalimat kepada seisi stadion (Gelora Bung Karno) yang penuh berupa: 'Terima kasih Jakarta, terima kasih Palembang. Kalian berhasil'," AP menulis, seperti dilansir The New York Times.

Ulasan baik juga datang dari surat kabar ternama India New Indian Express, yang mengutip kantor berita United News of India (UNI), dengan memasang tajuk berita berjudul: "Indonesia bids emotional farewell to Asian Games 2018 with fabulous closing ceremony."

"Indonesia mengejutkan banyak penentang dengan menggelar Asian Games yang spektakuler, menggelar upacara penutupan di tengah serangan alam (hjan deras) pada hari terakhir, ketika stadion GBK yang penuh sesak dengan manusia bersama-sama menantang peluang untuk menyambut kesuksesan negara mereka dalam menyelenggarakan the (Asian) Games," UNI menulis, seperti dilansir The New Indian Express.

Pesta kembang api menghiasi Stadion Gelora Bung Karno selama upacara penutupan Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Sejumlah artis dalam dan luar negeri meriahkan acara penutupan. (AFP Photo/Bay Ismoyo)

Senada, outlet media India Business Standard, yang mengutip kantor berita India Press Trust of India, memberikan ulasan baik dalam artikelnya yang berjudul "Asian Games 2018: Indonesia bids farewell to 15-day sporting extravaganza".

"Bagi penyelenggara, (upacara penutupan) ini adalah akhir dari sebuah kampanye yang intens dan sukses, setelah mendapat empat tahun untuk mempersiapkan agenda multi-olahraga terbesar kedua di dunia, setelah penarikan diri Vietnam. Memiliki dua kota - Jakarta dan Palembang - sebagai tuan rumah adalah yang pertama dalam sejarah pertandingan, membuat tugas yang sangat berat menjadi semakin sulit," Press Trust of India menulis, seperti dilansir The New Indian Express.

Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962. Tahun ini, Tanah Air finish di posisi keempat, dengan perolehan 98 medali (31 emas, 24 perak, 43 perunggu. China keluar sebagai juara umum dalam edisi ke-18 Asian Games, dengan total 289 medali (132 emas, 92 perak, 65 perunggu) --menjadi catatan positif tersendiri bagi negara yang akan menjadi tuan rumah pada 2022.

 

Simak video pilihan berikut:

Kota Hangzhou Bersiap

Pendiri Alibaba Group Jack Ma menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9). Jack Mamemperkenalkan kota Hangzhou sebagai lokasi penyelenggaraan Asian Games 2022 (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang baru saja berakhir, tetapi persiapan untuk edisi ke-19 tahun 2022 mendatang sudah berjalan sejak 2018 ini.

Kota kuno China, Hangzhou, yang terkenal akan danau dan kuilnya yang indah, akan menjadi tuan rumah Asian Games empat tahun mendatang.

Tempat-tempat olahraga dan jalur kereta baru sedang dibangun, dalam apa yang dilihat sebagai peluang untuk mempercepat pembangunan di kota yang berkembang pesat, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu 2 September 2018.

Dijuluki "teratai raksasa" oleh penduduk setempat, Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou, yang direncanakan akan selesai pada bulan September, dapat menampung 80.000 orang dan akan menjadi lokasi berlangsungnya Asian Games pada tahun 2022.

Pusat Olahraga Olimpiade terletak di distrik baru Hangzhou, Kota Qianjiang Century --di mana sejumlah konstruksi juga sedang berlangsung.

Dengan perkantoran dan apartemen kelas atas, Qianjiang Century adalah bagian dari strategi urbanisasi terbaru Hangzhou untuk mengembangkan daerah tepian Sungai Qiantang sepanjang 235 kilometer.

Ketika selesai, area itu akan menjadi pusat komersial dan bisnis baru bersama dengan proyek pengembangan lainnya, Qianjiang New City di seberang jalur air.

Stadion dan venue pertandingan Asian Games juga akan menjadi bagian dari transformasi dari wajah Kota Hangzhou secara keseluruhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Perbedaan 4 Negara China yang Berlaga di Asian Games

Posted: 02 Sep 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 telah berakhir, namun banyak hal masih menjadi perhatian publik akan pagelaran tersebut. Negara China menjadi yang terbanyak membawa medali dengan total medali emas hingga 132.

Nah, apakah kalian menyadari bahwa terdapat 4 negara China yang berlaga di Asian Games 2018? Negara-negara tersebut yaitu China atau Tiongkok, China Taipei, Hong Kong, dan Macau. Nyatanya tak banyak yang tahu perbedaan dari keempat negara China ini.

Artikel tentang usai 4 negara bagian China yang berlaga di Asian Games menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel pria mirip Jokowi yang jadi viral menempati kedua terpopuler. Disusul dengan artikel ketiga terpopuler tentang kepulangan Zohri usai Asian Games yang disambut antusias oleh warga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Di Asian Games 2018 Ada 4 Negara China, Ini Perbedaannya

Atlet China, Qin Wang melakukan selebrasi usai menjadi runner up cabang olahraga jalan cepat 50 Km putra di Asian Games 2018, Jakarta, Kamis (30/8). Qin Wang menorehkan waktu 4 jam 6 menit dan 48 detik. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Jika kalian jeli, selama gelaran Asian Games 2018 berlangsung, terdapat 4 negara China yang berlaga. Negara-negara tersebut yaitu China atau Tiongkok, China Taipei, Hong Kong, dan Macau.

Nah, kebanyakan orang tidak mengetahui perbedaan dari keempat negara China tersebut. Berikut ini penjelasan dari negara-negara China yang berlaga di Asian Games 2018 tersebut.

China

Memiliki nama resmi People's Republic of China/Republik Rakyat China/Republik Rakyat Tiongkok, negara ini ibu kotanya Beijing dan merupakan salah satu negara terbesar di dunia. Mata uang yang digunakan di Tiongkok adalah Yuan.

Selengkapnya…

2. Mirip Jokowi, Suami Wanita Ini Viral

(Foto: Sazqia CI Cikal/Facebook) Unggah kemiripan sosok suaminya dengan Presiden Jokowi, psotingan wanita ini jadi viral.

Presiden Jokowi memang selalu menjadi perhatian masayrakat. sebagai pemimpin sekaligus orang nomor 1 di Indonesia, tak heran kalau sosok Joko Widodo memang penuh rasa penasaran banyak orang.

Uniknya, setiap orang dan sosok-sosok mirip Jokowi pasti menjadi perhatian publik. Sebelumnya pernah menjadi viral foto mirip seperti Presiden Jokowi yang terlihat muda dan bergaya ala punk.

Kini sosok mirip seperti Presiden Jokowi kembali muncul dan viral di jejaring sosial. Ya, seorang istri berakun Facebook, Sazqia CI Cikal menuturkan rasa bingungnya karena suaminya mirip sosok orang paling penting di RI.

Selengkapnya…

3. Usai Asian Games 2018, Zohri Pulang Kampung dan Disambut Warga

Doc: Twitter/@giewahyudi

Bencana gempa bumi Lombok yang mengguncang saat Asian Games 2018, sempat membuat fokus Lalu Muhammad Zohri terpecah. Ia bahkan sempat ingin mundur untuk menengok keluarganya di pengungsian.

Namun, Zohri berhasil menahan hasratnya tersebut dan bahkan meraih medali perak bersama teman-temannya di Asian Games 2018 untuk cabang olahraga (cabor) lari estafet. Tak butuh waktu lama, usai menunaikan tugasnya, Zohri pun bertolak ke Lombok.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peserta GFNY Samosir Disambut Welcoming Dinner

Posted: 02 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Samosir memperlihatkan keramahannya kepada peserta balap sepeda marathon Gran Fondo New York (GFNY). Salah satunya melalui Welcome Dinner di Samosir Cottage, Sabtu (1/9). Atraksi musik dan tarian khas Samosir ditampilkan.

Meski hujan sempat turun, aksi para penari tidak berhenti. Mereka tetap berlenggak-lenggok mengikuti alunan musik. Kehadiran para penari ini mampu menghibur tamu-tamu undangan. Yaitu Bupati Azwar Anas, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kepala Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, juga Kementerian Pariwisata yang diwakili Kepala Bidang Area IV Heri Hermawan.

Dalam jumpa pers, Kepala BPODT menegaskan akan mendukung penuh kegiatan ini. Karena menjadi bahan promosi pariwisata Danau Toba. "Jelas kita akan mendukung penuh. Apalagi kegiatan ini bertaraf internasional. Akan menjadi momen yang tepat untuk mempromosikan Danau Toba," paparnya.

Bahkan, Arie berharap event ini bisa berlangsung lebih baik lagi tahun depan. "Dan kita siap memberikan dukungan lebih baik lagi. Dan kita berharap pelaksanaannya bisa lebih go internasional," tutur Arie.

Sedangkan Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengaku bangga daerahnya bisa menggelar event ini. "Ini event besar yang diikuti ratusan peserta dari banyak negara. Kita bangga bisa menggelar GFNY. Karena bisa mengangkat potensi pariwisata kita," paparnya.

Rapidin pun meyakinkan jika perhelatan ini akan berlangsung sukses. "Kita sudah koordinasi dengan pihak keamanan. Kita juga pastikan jalanan sudah bagus. Sudah rata. Tidak akan ada masalah dengan jalan," paparnya.

Menariknya, Bupati Abdullah Azwar Anas juga hadir di Welcoming Dinner.

"Saya memang diundang untuk hadir karena kebetulan saya memiliki kegiatan juga di sini. Jadi kita melakukan kerjasama dengan SKPD Samosir untuk peningkatan pariwisata. Kita saling support," tutur Bupati Azwar Anas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik pelaksanaan GFNY. Sebab, sport tourism selalu mampu memberikan dampak positif bagi pariwisata.

"Kementerian Pariwisata selalu mendukung agenda sport tourism. Karena memiliki dampak yang positif bagi perekonomian. Apalagi event ini bertaraf internasional, spending wisatawan saya yakin akan lebih besar. Terlebih mereka bisa menginap hingga tiga hari. Ini bagus buat Danau Toba," katanya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Apa dengan Hujan Bulan September?

Posted: 02 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Negara (LAPAN) menyatakan topan Jebi yang tengah terjadi di Samudera Pasifik timur laut Filipina memicu terjadinya hujan di Indonesia. Padahal, perkiraan kondisi cuaca di Indonesia masih dalam musim kemarau menjelang bulan November mendatang.

Menurut Peneliti Sains Atmosfer Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Lapan, Erma Yulihastin, hujan yang turun beberapa hari lalu di musim kemarau itu diperkirakan akan berlangsung sampai dengan tiga hari mendatang. Hal itu disebabkan posisi pusat topan Jebi yang kini pergerakannya mendekati ke wilayah Taiwan, masih memiliki efek paparan (remote effect) bergeraknya kumpulan awan konfektif yang melintas ke Indonesia.

"Sehingga memang efeknya bisa kita rasakan gitu pertumbuhan awan yang signifikan. Awan konfektif atau awan hujan dan hujan itu sendiri yang terjadi hampir secara merata di wilayah Laut Jawa sejak hari Kamis kemarin, dua hari yang lalu," ujar Erma Yulihastin, Bandung, Minggu, 2 September 2018.

Erma mengatakan beberapa hari lalu, dampak dari topan Jebi menyebabkan turunnya hujan secara merata dengan intensitas serta durasi berbeda di Pulau Jawa yang terjadi mulai sore, malam sampai pagi hari. Sementara pada hari Minggu (2/9/2018) hujan yang turun merata hanya terjadi di wilayah Jawa Barat, sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak turun hujan.

Erma menjelaskan meski ada hujan yang turun di awal September 2018, belum bisa dipastikan sebagai masuknya musim penghujan di Indonesia. Alasannya, kata Erma, selama masih adanya topan Jebi, maka awan konfektif atau awan hujan tidak akan terbentuk dan bergerak melintas di Indonesia dari selatan ke arah utara.

"Pulau Sumatera juga mengalami pembentukan awan hujan bukan hanya di Jawa, kemudian Kalimantan. Tetapi yang paling merata, yaitu di Jawa," ujar Erma.

LAPAN menyatakan jika melihat kondisi umum cuaca di wilayah Samudera Pasifik dan Hindia masih normal. Berdasarkan pengamatan satelit LAPAN di dua wilayah tersebut tidak terjadi gangguan cuaca. Namun, gangguan berupa topan yang berdampak selama beberapa hari dan gelombang MJO (Madden Julian Oscillation) yang secara alami terbentuk dari sistem interaksi laut dan atmosfer harus tetap diwaspadai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria yang Ingin Jadi Ayah Perlu Banyak Makan Burger?

Posted: 02 Sep 2018 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Kaum Adam yang tengah berupaya untuk punya keturunan, pertimbangkan untuk rajin-rajin mengonsumsi makanan mengandung protein, salah satunya seperti burger.

Pasalnya, asupan protein yang rendah memengaruhi kualitas sperma yang berujung pada kesehatan anak yang dihasilkan. Hal itu terungkap dalam penelitian awal yang dilakukan oleh University of Nottingham, Inggris dan dirilis minggu ini, melansir laman NY Post, Senin (3/9/2018).

Studi tersebut meneliti tikus jantan yang diberi asupan protein yang berjumlah rendah. Hasilnya, tikus-tikus jantan itu menghasilkan anak tikus yang kelebihan berat badan dengan kadar intoleran glukosa tinggi. Kesimpulannya, malnutrisi yang disengaja yang memengaruhi gen menjadi alasan kondisi tersebut.

"Riset kami menggunakan tikus menunjukkan bahwa pada masa pembuahan, asupan makanan serta kesehatan ayah memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan metabolisme anak dalam jangka panjang," ujar penulis studi Adam Watkins.

"Studi kami tak hanya mengidentifikasi dampak dari pola makan buruk pada ayah terhadap kesehatan anak-anaknya, melainkan juga mulai menyibak bagaimana efek tersebut terus berlangsung," jelasnya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Daging Ayam dan Stabil di Pasar Kebayoran Lama

Posted: 02 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging ayam cenderung stabil di awal pekan pertama September 2018 di Pasar Kebayoran Lama.

Pedagang ayam, Sainah (48) menjual ayam di rentang harga Rp 27 ribu - Rp 40 ribu per kg. "Turun kalau daging ayam, ini kami ambilnya masih di pasar yang sama," tutur dia di Pasar Kebayoran Lama, Senin (3/9/2018).

Saat ditanya apakah Asian Games 2018 berpengaruh harga pada daging ayam, Sainah mengungkapkan hal itu tidak berdampak. Namun ia senang akan perhelatan akbar penutupan Asian Games 2018 tadi malam.

"Kalau Asian Games enggak ada berpengaruh sama harga daging ayam, biasanya UMKM. Tapi saya nonton tadi malam penutupanya, hebat pemerintah sekarang," ujar dia.

Untuk daging ayam yang ia patok seharga Rp 27 ribu dengan berat 9 ons. Sedangkan yang Rp 40 ribu per kg memiliki berat 1,5 kg. 

Sebaliknya, perayaan Natal, kata Sainah justru pengaruhi harga daging ayam. "Kalau Natal kebalikannya, kami emang enggak merayakan, tapi biasanya pasti naik Rp 2 ribu per kg atau lebih," ujar dia.

Sementara itu, Sri (53) turut menjual daging ayam sebesar Rp 40 ribu pada Senin 3 September 2018. "Sama seperti Bu Sainah, Rp 40 ribu per kg. Sementara ceker Rp 15 ribu per kg. Memang stabil hari ini," ujar dia.

Harga Sapi

Sedangkan harga daging sapi, juga terpantau turun di Pasar Kebayoran Lama. Pedagang sapi, Muhidin (28) menjual sapi seharga Rp 110 ribu per kg. Sedangkan Jekmar Paung (45) mematok harga daging sapi miliknya Rp 120 ribu per kg. Lebih lanjut, harga daging sapi impor, Pak Kosasi (38), membanderol di kisaran harga Rp 90 ribu per kg. 

 

Harga Daging Ayam dan Sapi Stabil di Pasar Slipi

Daging ayam di Pasar Bengkok. Dok: Liputan6.com/Tommy Kurnia

Sebelumnya, harga daging ayam dan sapi terpantau stabil di pasaran. Tidak ada kenaikan harga untuk daging sapi dan harga daging ayam relatif murah.

Menurut pantauan Liputan6.com di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Jumat 31 Agustus 2018, harga daging ayam berada di kisaran Rp 40 ribu per kilogram (kg).

"Harga ayam Rp 40 ribu per kilo. Ati Rp 2.500, ceker Rp 25 ribu per kilo," jelas Ani (59).

Pedagang daging ayam lain di blok daging ayam pun menjual dengan kisaran harga yang sama.

"Harga di sini sama semua Rp 40 ribu per kg" lanjut Ani.

Beralih ke daging sapi, harganya terpantau masih stabil dari sebelum Idul Adha.

"Harga sekilo Rp 120 ribu per kg. Enggak berbeda dari sebelum dan sesudah Idul Adha," ungkap seorang pedagang sapi.

Selain daging sapi, harga dengkul dijual hanya Rp 20 ribu. Sementara, tetelan yang biasa dipakai untuk sop dan soto dijual seharga Rp 80 ribu per kg di sana. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: