Kamis, 22 Mei 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Seberapa Aman Password Anda? Cek di Sini!

Posted: 22 May 2014 08:25 PM PDT

Apakah Anda menganggap password yang Anda gunakan sudah kuat dan sulit ditebak? Apakah Anda tahu banyak hacker yang tidak tahu password Anda namun ternyata bisa menebak passwordnya dengan mudah?

Kekuatan sebuah password dapat dilihat dari panjangnya password dan kompleksitasnya. Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan kekuatan password: rata-rata jumlah penyerang yang menebak password untuk mencari password yang benar dan kemudahan penyerang memeriksa validitas dari setiap dugaan password.

Faktor pertama ditentukan oleh seberapa panjang password Anda, seberapa banyak karakter atau simbol yang digunakan. Faktor kedua ditentukan oleh bagaimana password disimpan dan digunakan.

Nah, ada beberapa tools yang tersedia di internet untuk mengecek kekuatan sebuah password, tools ini bisa digunakan secara gratis.

1. Microsoft Password Checker
Situs ini cukup dikenal. Melalui situs ini Anda bisa mengecek seberapa kuat password Anda. Kuat atau tidaknya password Anda akan ditunjukkan oleh indikator warna dalam bentuk bar di bawahnya. Warna merah menandakan password Anda buruk/tidak aman hingga warna hijau mengindikasikan bahwa password Anda kuat.

2. Password Meter
Password Meter juga bisa diakses secara gratis bagi mereka yang ingin menguji apakah password mereka aman. Aplikasi online ini dirancang untuk memperkirakan kekuatan password Anda agar Anda dapat memperbaiki password. Dalam situs itu dijelaskan bahwa Aplikasi ini tidak sempurna, dan hanya boleh digunakan sebagai panduan dalam menentukan metode untuk meningkatkan keamanan password.

3. How Secure Is My Password?
Sama seperti aplikasi online yang di atas, melalui situs ini Anda juga bisa mengecek apakah password yang Anda gunakan aman atau tidak. Sekali lagi, harap diingat bahwa aplikasi-aplikasi online pengecek password ini sebaiknya hanya dijadikan panduan dalam membuat password yang aman. Yang penting Anda tahu bagaimana password yang dikategorikan sebagai aman. Dalam situs ini juga ditulis peringatan: "This site could be stealing your password... it's not, but it easily could be. Be careful where you type your password".

4. Password-Review
Di situs ini Anda dapat melihat tingkat keamanan password Anda setelah menekan enter, jadi pastikan Anda menjaga beberapa privasi sebelum menggunakannya. Setelah mengklik "check pw", Anda akan melihat pesan apakah password Anda aman atau tidak, di bawahnya ada tabel yang menunjukkan titik lemah dan kekuatan password Anda.


Craig Bellamy Gantung Sepatu

Posted: 22 May 2014 08:21 PM PDT

Mantan pemain Liverpool Craig Bellamy memutuskan gantung sepatu pada usia 34 tahun. Bellamy merasa tubuhnya sudah tidak sanggup untuk bermain di level profesional lagi.

"Sudah ada dipikiran saya untuk menyelesaikan karier profesional dalam beberapa tahun terakhir, tapi inilah saatnya saya harus membuat keputusan. Saya harus mendengarkan tubuh saya," kata Bellamy kepada Wales Online.

Bellamy memulai karier profesionalnya pada tahun 1997 bersama Norwich City. Setelah itu dia sempat malang melintang di Liga Premier bersama Newcastle United, Liverpool dan Manchester City.

Terakhir Bellamy membela klub kampung halamannya Cardiff City. Dia memperkuat Cardiff sejak 2012. Sayangnya Bellamy tidak mampu membawa Cardiff bersinar di musim 2013/2014. Cardiff harus terdegradasi dari Liga Premier di akhir musim 2013/2014.

Bellamy sebenarnya masih menerima banyak tawaran seperti dari klub Liga Amerika Serikat (MLS). Namun Bellamy merasa sudah tidak sanggup menjalani karier sebagai pesepakbola profesional lagi.

"Saya dapat pergi ke MLS, saya telah menerima tawaran dari klub-klub d Inggris. Tapi ini bukan hanya bermain dan berlatih. Saya harus memelihara tubuh saya agar bisa terus bermain," tegas Bellamy.

Begini Aksi Beckham Taklukan Hutan Amazon dengan Sepeda Motor

Posted: 22 May 2014 08:19 PM PDT

Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brazil sangat gegap gempita. Berbagai acara bertemakan sepak bola dan Brazil diadakan untuk menyambut gelaran akbar empat tahunan tersebut.

Salah satu acara yang bertemakan sepak bola dan Brazil ialah petualangan David Beckham menjelajahi Hutan Tropis Amazon yang berada di Brazil dengan sepeda motor. Ex-kapten Timnas Inggris ini menjelajah hutan dalam program dokumenter BBC, seperti dilansir dari Visordown, yang ditulis Jumat (23/5/2014).

David Beckham yang dinobatkan sebagai legenda hidup sepak bola Inggris ini akan melakukan perjalanan ke Manaus tempat dimulainya kick-off antara Inggris vs Italia. Suami dari Victoria ini memulai petualangannya dari kota Rio de Janeiro ke kota tersebut  melalui hutan hujan tropis sebelum gelaran Piala Dunia berlangsung.

"Ini adalah film dokumenter yang tak terlupakan di jantung hutan hujan Amazon dengan mengikuti petualangan David Beckham," ujar Helen Jackson, Managing Director BBC Worldwide.

Beckham menjelajah hutan hujan menggunakan sebuah Triumph Scrambler. Ia tak lupa berpose dengan latar belakang jalan hutan yang becek dengan Scrambler besutannya.

Program dokumenter ini mulai disiarkan di channel BBC One pada Juni mendatang yang bertepatan dengan dimulainya ajang Piala Dunia 2014 di Brazil. Sebagai pesepak bola yang memiliki hobi mengendarai sepeda motor, aksi seru dari Beckham menaklukkan hutan Amazon ini layak ditonton. (Ysp/Ahm)

Darurat Militer Thailand Bawa Angin Segar Buat RI

Posted: 22 May 2014 08:18 PM PDT

Pemberlakuan darurat militer di Thailand dikhawatirkan - See more at: http://bisnis.liputan6.com/read/2053357/daftar-bahan-pokok-yang-masih-diimpor-ri-dari-thailand#sthash.S8BOvKvB.dpuf
Pemberlakuan darurat militer di Thailand dikhawatirkan - See more at: http://bisnis.liputan6.com/read/2053357/daftar-bahan-pokok-yang-masih-diimpor-ri-dari-thailand#sthash.S8BOvKvB.dpuf
Pemberlakuan darurat militer di Thailand dikhawatirkan - See more at: http://bisnis.liputan6.com/read/2053357/daftar-bahan-pokok-yang-masih-diimpor-ri-dari-thailand#sthash.S8BOvKvB.dpuf
Pemberlakuan darurat militer di Thailand dikhawatirkan - See more at: http://bisnis.liputan6.com/read/2053357/daftar-bahan-pokok-yang-masih-diimpor-ri-dari-thailand#sthash.S8BOvKvB.dpuf

Pemberlakuan darurat militer di Thailand akan membawa dampak positif bagi Indonesia. Salah satunya, banyaknya investor dari Thailand yang merelokasi pabriknya ke Indonesia. 

"Sebetulnya belakangan ini banyak sekali industri limpahan dari Thailand yang bertujuan masuk ke Indonesia, jadi memang impact-nya agak positif buat kita," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat di Bandung, Jawa Barat, seperti ditulis Jumat (23/5/2014).

Dia mencontohkan, industri komponen yang awalnya banyak diproduksi di Thailand, kini mulai pindah dan membangun pabriknya di Indonesia. "Seperti pembuatan komponen otomotif yang tadinya tidak dibuat di sini tapi di Thailand, sekarang pindah ke sini. Itu beberapa sektor penting," lanjutnya.

Contoh lain yaitu produksi kendaraan roda empat, di mana dulu belum ada produsen yang mambuat mobil jenis sedan. Tetapi pada tahun ini Indonesia akan mulai memproduksi sedan di dalam negeri. "Jadi tadinya Indonesia hanya memproduksi MPV, tidak ada sedan. Mulai tahun ini sudah mulai diproduksi di sini, yang tadinya dibuat di sana, itu salah satu contoh," katanya.

Meski demikian, menurut Hidayat, Indonesia tidak bisa begitu saja senang dengan keadaan Thailand saat ini. "Tapi tentu Indonesia nggak boleh berharap itu sebagai basic expectation kita. Mereka sedang ada krisis politik tapi sedang dicari kesepakatan kelihatannya untuk konsensus. Kalau tidak salah pihak militer sekarang memediasi kedua kubu yang bertentangan," tandasnya. (Dny/Ndw)

7 Cewek Cantik Pamer Batik

Posted: 22 May 2014 08:10 PM PDT

Sedikitnya tujuh Duta SMESCO ambil bagian dalam Trunk Batik Show 2014 yang diselenggarakan Kementrian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM). Cewek-cewek yang mayoritas Putri Indonesia ini ditunjuk untuk memamerkan berbagai macam rancangan batik.

Kegiatan ini juga merupakan sebuah cara untuk mengubah persepsi batik yang identik dengan kegiatan formal, menjadi sebuah warisan budaya yang bisa digunakan di berbagai kondisi. Sekaligus pengenalan terhadap SMESCO Magz.

"Sebagai Duta SMESCO, kegiatan ini untuk mempromosikan produk-produk UKM yang ada di sini. Kita juga harus mengerti tentang produk Indonesia. Selain mengerti kita juga harus menggunakan serta mempromosikannya. Batik ini contohnya," ungkap Putri Indonesia DKI Jakarta II 2013, Kartika Berliana Tjakradijaja di SMESCO Tower, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (22/5/2014).

"Dan sekarang batik bisa banget digunakan selain acara resmi. Batik sekarang bukan lagi model kaku, tapi lebih ke arah fashion. Batik juga sekarang banyak modifikasi, jadi lebih ceria," sambungnya.

Selain itu, Kartika yakin keberadaan batik di Indonesia akan semakin berkembang. Apalagi, batik juga kini tak hanya digunakan oleh kalangan tua saja. Di beberapa acara tertentu, kata Kartika, anak muda justru lebih sering menggunakan batik.

"Nggak perlu malu pakai batik, justru bangga banget. Kita harus mengubah mindset itu (batik norak). Soalnya batik bisa digunakan oleh kalangan muda juga. Malah lebih happening (ngetrend) loh sekarang. Batik juga warisan budaya, jadi kita harus bangga menggunakan batik," pungkas Kartika.

Acara fashion show batik ini ditutup oleh Ahmad Zabadi, selaku Direktur Utama LLP-KUKM. Selain Kartika, nama-nama lain yang turut meramaikan Trunk Batik Show adalah Nadia Inggrida (Putri Indonesia DKI Jakarta III 2013), Annisa Putri (Puteri Indonesia Intelegensia 2011), Rahma Landy (Putri Indonesia Pariwisata 2007), Febrizky Yahya (Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012), Lydia Juliana (Finalis Miss Indonesia 2013) dan Ismi Halida yang merupakan Miss Batik 2011.(Ras/Mer)

Pemeriksaan Tes Kesehatan Prabowo-Hatta Sepi Pendukung

Posted: 22 May 2014 08:05 PM PDT

Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (23/5/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

11 Lokasi Pembuangan Sampah Bisa Hasilkan Listrik 200 MW

Posted: 22 May 2014 08:05 PM PDT

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral telah mengidentifikasi 11  pengembangan sampah kota yang akan diterapkan pada beberapa wilayah di Indonesia dengan total kapasitas sebesar 200 megawatt (MW).

Dikutip dari laman Kementerian ESDM, Jumat (23/5/2014), pengembangan listrik dari bahan bakar sampah itu diperkiraan menelan investasi Rp 7,2 triliun. Saat ini beberapa dari proyek tersebut sedang dalam tahap penetapan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Koneservasi Energi (Ditjen EBTKE).

Langkah pemanfaatan limbah/sampah menjadi energi (waste to energy) bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Potensi sampah kota yang dimiliki daerah dengan penduduk padat sangat besar.

Tak hanya itu, pemanfaatan sampah tersebut juga untuk mensinergikan kepentingan pengelolaan sampah untuk kepentingan energi dan kebersihan kota, dengan membalik paradigma mengelola sampah dengan menghabiskan energi menjadi mengelola sampah untuk dijadikan energi.

Sebagai contoh, dalam sehari sebanyak 6.000 ton sampah kota yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya dibuang dan ditampung di tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi. Saat ini, dengan teknologi landfill gas, sampah kota di TPST bantar gebang telah berhasil dikonversi menjadi pembangkit listrik dengan kapasitas 12,5 MW.

Untuk mendorong pengembangan waste to energy, pemerintah telah menetapkan harga jual listrik (feed-in-tariff) untuk tenaga listrik berbasis sampah kota Melalui Peraturan Menteri ESDM nomor 19 tahun 2013. (Pew/Ndw)

Negara Ini Larang Penggunan Triclosan pada Sabun

Posted: 22 May 2014 08:00 PM PDT

Keamanan penggunaan zat kimia triclosan bagi manusia masih perlu ditinjau kembali. Meski belum terbukti berbahaya bagi manusia, menurut penelitian penggunaan triclosan bisa mengganggu hormon reproduksi dan perkembangan. Alasan itulah yang membuat Minnesota melarang penggunaan triclosan pada produk-produk kesehatan.

Triclosan sering digunakan pada sabun cair antibakteri, deodoran, dan juga pasta gigi. Di Amerika Serikat (AS) saja, sekitar 75 persen sabun cair antibakteri menggunakan triclosan.  

Gubernur Mark Dayton sudah menandatangani RUU yang membuat Minnesota menjadi negara bagian AS pertama yang melarang penggunaan triclosan. Pelarangan ini karena kekhawatiran bahan kimia terhadap kesehatan dan lingkungan.

"Ini adalah upaya melarang triclosan pada salah satu dari 50 negara bagian, saya pikir ini akan berdampak lebih besar," kata Senator John Marty seperti dilansir HuffingtonPost, Kamis (22/5/2014).

The Roseville Demokrat mengatakan, negara-negara lain dan pemerintah federal cenderung akan bertindak yang sama. Beberapa perusahaan juga sudah tak menggunakan triclosan pada produk-produknya.

Food and Drug Administration (FDA) pernah mengkritik dengan mengatakan tak ada bukti bahwa sabun triclosan lebih efektif dibanding mencuci tangan dengan sabun biasa dan air demi mencegah penyebaran penyakit.

Penelitian University of Minnesota yang diterbitkan tahun lalu menemukan meningkatnya triclosan dalam sedimen di beberapa danau, dan bahan kimia itu bisa pecah di air menjadi dioksin yang berpotensi membahayakan. Dua bulan kemudian, Dayton memerintahkan semua lembaga negara berhenti membeli sabun tangan dan sabun cuci piring serta sabun cuci yang mengandung triclosan.

American Cleaning Institute (ACI) mendesak Dayton memveto RUU baru dengan mengatakan triclosan telah diteliti secara menyeluruh dan terbukti memberikan manfaat penting untuk kesehatan.

Juru Bicara ACI Brian Sansoni mengatakan, Minnesota merupakan satu-satunya negara yang memberlakukan larangan. Dia mengatakan pihaknya masih harus melihat apakah ada produsen yang akan mereformulasi produk hanya untuk pasa Minnesota atau hanya menghentikan penjualan mereka.

Berdasarkan aturan FDA yang diusulkan pada Desember, produsen sabun antibakteri harus menunjukkan produk mereka aman untuk penggunaan sehari-hari dan lebih efektif dibanding sabun biasa serta air. Apabila tidak, mereka perlu merupuskan produk ini atau menghapus klaim antibakteri dari labelnya.

Baca Juga:

Sabun Antibakteri Bahayakan Kesehatan?

Sia-sia, Cuci Tangan Pakai Sabun Antibakteri

Kiper PSAP Menyesal Langgar Akli Fairus

Posted: 22 May 2014 07:54 PM PDT

Kiper PSAP Sigli, Agus Rohman, jadi sorotan utama pecinta sepakbola di Indonesia. Pelanggaran brutal yang dilakukan Agus pada pertandingan Divisi utama 10 Mei 2014 lalu menyebabkan Akli Fairus meninggal dunia.

Agus akhirnya memenuhi panggilan Komisi Disiplin PSSI pada hari Kamis (22/5/2014). Saat menghadap Komdis, Agus menyesali cara antisipasi bolanya yang salah.

"Kami sebelumnya tanya ke dia, sudah jadi kiper berapa lama dan di mana saja. Tindakannya sudah tidak lazim, karena saat itu bola berada di bawah dan ia malah mengangkat kakinya. Seharusnya ia hanya menggunakan tangannya juga sudah bisa, tanpa mengangkat kakinya. Tapi dia sendiri juga menyesali cara antisipasi bolanya yang salah," kata Ketua Komdis PSSG Hinca Panjaitan.

Selain Agus, Komdis PSSI juga memerika pihak panitia pelaksana pertandingan. Apalagi ada kabar gaji Akli dan Agus yang belum dibayarkan.

"Masalah gaji pemain yang belum dibayarkan oleh klub, kabarnya almarhum Akli belum dibayarkan, Agus pun juga mengaku tidak mau kembali ke PSAP karena ia juga belum digaji."

Cara Buat Password yang Mudah Diingat Tapi Sulit Dibobol

Posted: 22 May 2014 07:50 PM PDT

Sebagai garda pertahanan terdepan untuk komputer dan akun-akun penting Anda di internet, sudah seharusnya Anda memproteksi password dengan baik. Password sama halnya seperti celana dalam. Anda harus menggantinya dengan rutin, jangan biarkan orang lain menggunakannya, dan sembunyikan agar orang lain tak bisa melihatnya.

Idealnya, password seharusnya tidak mudah ditebak oleh orang lain. Namun dalam prakteknya, banyak orang yang memilih membuat password yang mudah diingat, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, atau kata-kata lain yang mudah ditebak.

Password yang paling populer dipakai orang adalah "123456", "123456789", bahkan kata "password". Password ini tidak aman karena sangat mudah ditebak. Sebuah password yang kuat terdiri dari:
- minimal terdiri dari 6-8 karakter
- terdiri dari gabungan huruf, angka, dan simbol  

Lalu bagaimana trik mudah membuat password yang mudah diingat namun sulit ditebak? Berikut kami sajikan tipsnya khusus untuk Anda.

Kreatif, buatlah frase!

Semakin panjang password yang digunakan, akan semakin sulit hacker menebaknya. Sebab hacker akan membutuhkan banyak waktu untuk membobolnya, meski dengan teknik yang paling canggih. Sebaliknya, makin sedikit karakter password, makin besar kemungkinan ditebak. Password yang paling banyak dipakai umumnya terdiri dari 6-8 karakter.

Namun yang menjadi masalah, tidak semua orang bisa mengingat password yang panjang. Intinya bukan soal panjang pendeknya password, tetapi buatlah kreatifitas. Jadi meskipun password Anda tidak terlalu panjang, tapi tetap sulit ditebak.

Caranya, buatlah frase yang mudah diingat. Misalnya yang menggambarkan tentang diri Anda atau kehidupan Anda. Contohnya "I Falling in Love With Sushi on 2013". Kemudian ambil huruf pertama dari setiap kata, sehingga passwordnya menjadi: "IFiLWSo2002".

Secara kriteria, password tersebut terdiri dari 11 karakter, huruf besar dan kecil serta angka. Jika ingin pakai karakter simbol, ganti huruf I menjadi simbol "!" agar semakin sulit ditebak.


Penting untuk diingat!

- Ganti huruf menjadi angka atau simbol untuk mempersulit orang lain menebak password Anda.

- Jangan buat password dengan menggunakan angka yang berurutan.
Password berupa urutan angka biasanya adalah password default yang diberikan suatu layanan aplikasi. “1234”, “12345” atau dibalik menjadi “54321”. Jangan menggunakan password yang sangat mudah ditebak seperti ini.

- Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki.
Password yang sama justru membuat akun-akun Anda rentan pembobolan.

- Anda juga bisa menggeser jari Anda 1 tuts ke sebelah kiri atau kanan dari yang seharusnya. Misalnya: password "newyork" menjadi "bwqtiej" (jika menggeser 1 tuts keyboard ke kiri) atau "mreuptl"  (jika digeser ke kanan).


Baca juga:
Mengenal Password, Kata Kunci yang Sering Disepelekan

Tidak ada komentar: