Sabtu, 17 Mei 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Boko Haram Serang Perusahaan China di Kamerun, 10 Pekerja Hilang

Posted: 17 May 2014 08:45 PM PDT

Sebuah perusahaan China yang bertempat di Kamerun diserang sekelompok pria bersenjata yang diyakini adalah militan Boko Haram. Akibat serangan tersebut, 10 warga dinyatakan hilang.

"Seorang tentara Kamerun tewas, dan 10 warga China hilang setelah serangan Boko Haram di Kamerun utara," kata para pejabat dari China, Amerika Serikat dan Perancis Sabtu 17 Mei, dikutip Liputan6.com dari CNN, Minggu (18/5/2014).

"Sejauh ini belum ada rincian lebih lanjut yang tersedia terkait hilangnya mereka," kata Lu Quinjiang, konselor pertama dari Kedutaan Besar China di Yaounde, ibukota Kamerun.

"Salah satu warga negara China terluka dalam serangan pada Jumat malam 16 Mei, dan dirawat oleh tim medis China di ibukota Chad N'Djamena," lanjut Lu.

Serangan yang menargetkan karyawan sebuah perusahaan China itu, terjadi di kota Kamerun utara Waza, beberapa mil dari perbatasan Nigeria.

Kedutaan Besar China kini bekerja sama dengan pemerintah Kamerun, untuk mencari pekerja yang hilang. Mereka, sambung Lu, juga telah meminta keamanan yang lebih ketat untuk melindungi warga negara China di bagian utara negara itu.

Perusahaan China, Sinohydro adalah sebuah perusahaan rekayasa yang membangun proyek PLTA skala besar.

Menurut situs perusahaan tersebut, mereka telah terlibat dalam pembangunan bendungan Memve'ele di Kamerun selatan, sebagai bagian dari upaya negara itu untuk meningkatkan produksi listrik.

Tahun lalu , sekelompok pejuang Boko Haram menyeberang ke Kamerun utara dan menculik keluarga Perancis. Yagn terdiri dari 4 anak, orang tua mereka dan seorang paman dari Waza National Park.

Keluarga itu akhirnya dibebaskan, dilaporkan telah terjadi pertukaran untuk tebusan US$ 3 juta atau sekitar Rp 34 miliar. Disertai dengan pembebasan 16 tahanan Boko Haram yang ditahan di Kamerun.

Wakil Menlu AS Wendy Sherman meyakini bahwa kelompok penyerang diyakini kuat adalah Boko Haram. Sebab wilayah di mana serangan terjadi -- Kamerun -- merupakan area tempat Boko Haram.

"Kamerun mengalami serangan Boko Haram di sebuah perusahaan Cina Jumat malam," kata Sherman yang juga menyatakan Boko Haram harus disalahkan atas penculikan lebih dari 200 anak perempuan di Nigeria.

Beberapa negara juga turun tangan untuk melakukan pencarian di Afrika.

Dalam bahasa Hausa, Boko Haram berarti 'pendidikan Barat adalah dosa'. Kelompok militan mengatakan tujuannya adalah untuk memaksakan penegakan hukum ketat Syariah di seluruh Nigeria, negara Afrika yang paling padat penduduknya. Bagi negara di utara yang mayoritas Muslim dan selatan yang sebagian besar Kristen, serangan Boko Haram ini telah diintensifkan dalam beberapa tahun terakhir. (Mut)

Atletico Juara, Rumah Bordil Gratiskan Layanan Seks

Posted: 17 May 2014 08:37 PM PDT

Atletico Madrid berhasil mengakhiri puasa menjuarai La Liga selama 18 tahun. Pasukan Diego Simeone dipastikan menjadi juara musim 2013/2014 setelah menahan imbang juara bertahan Barcelona 1-1 di Nou Camp.

Hasil imbang di kandang Barca sudah cukup membawa Atletico menjadi juara. Atletico unggul tiga poin dari Barca dan Real Madrid yang harus puas finis di posisi dua dan tiga klasemen.

Keberhasilan Atletico tidak hanya akan membuat fans mereka bersuka cita, laki-laki hidung belang di Spanyol juga ikut berpesta. Mereka bakal mendapat layanan seks gratis dari para PSK di rumah bordil ternama D'Angelo Palace.

Seperti dilansir 101greatgoals, rumah bordil yang terletak di kota Valencia itu memasang iklan di media massa yang menjanjikan akan menggratiskan minuman keras dan layanan seks dari PSK mereka jika Atletico menjuarai La Liga. D'Angelo Palace memasang iklan tersebut beberapa hari sebelum laga 'final' La Liga antara Barca melawan Atletico.

Nampaknya D'Angelo Palace tidak menyangka Atletico akan bisa menahan imbang Barcelona di Nou Camp guna memastikan gelar juara La Liga.

Nissan Kenalkan 370Z Anyar yang Lebih Dingin dan Agresif

Posted: 17 May 2014 08:31 PM PDT

Nissan memperkenalkan 370Z anyar yang digarap bersama dengan Nismo yang merupakan divisi tuning dari Nissan. 370Z terbaru hadir dengan desain yang lebih tegas dan pengendalian yang lebih lincah.

Dilansir dari Topspeed, Minggu (18/5/2014), 370Z terbaru hadir dengan desain grill yang jauh lebih besar dan diapit oleh headlamp berteknologi LED daytime running. Nissan menyematkan ventilasi pada sisi samping bumper depan untuk pendinginan rem depan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, bentuk bodi dari 370Z tidak banyak berubah dari model yang sebelumnya. Nissan hanya menambahkan aksen merah pada bodi kit serta spion dari 370Z ini untuk semakin memunculkan aura agresif.

Aksen merah disematkan pada bodi kit depan yang terletak pada bumper bawah yang terlihat kontras dengan cat putih milik 370Z. Sementara itu pada bagian buritan mengalami perubahan desain diffuser serta spoiler yang lebih aerodinamis.

Beralih ke sisi interior, Nissan 370Z memakai kursi balap dari Recaro yang dirancang khusus oleh Nismo. Interior hingga setir dari 370Z ini dibalut kulit garapan Alcantara dengan kombinasi warna hitam serta merah untuk memberikan sensasi kenyamanan kelas atas.

Untuk semakin memanjakan pengemudi selama perjalanan, Nissan membekali 370Z dengan sistem audio dari Bose yang menggelegar. Nissan tak lupa menyertakan layar touchscreen dan SiriusXM Satellite Radio untuk fitur navigasi.

Pada sektor mesin, Nissan mempercayakan racikan mesin 370Z kepada Nismo untuk performa yang luar biasa. Nismo membekali 370Z dengan mesin V6 berkapasitas 3,7 liter dengan transmisi manual yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 350 horse power.

Kabar baiknya yaitu Nissan akan memberikan pilihan transmisi otomatis tujuh percepatan dengan menggunakan paddle shift untuk perpindahan gigi. Dengan teknologi mesin dan transmisi anyar yang dimiliki, 370Z memiliki kecepatan maksimal hingga 250 km/jam.

Nismo bekerja keras menggarap kaki-kaki dari 370Z dengan memberikan suspensi serta stabilizer terbaru yang dirancang ulang serta menyematkan velg berukuran 19 inci agar mobil ini stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Nissan secara resmi belum mengumunkan harga 370Z ini. Namun dari kabar yang berhembus, 370Z akan dibanderol dengan harga US$ 44 ribu atau sekitar Rp512 juta (kurs Rp 11.412 per US$). 370Z ini akan resmi meluncur ke pasar pada 2015 mendatang. (Ysp/Igw)

 

Begini Tampang Adik Paul Walker Saat Syuting Fast & Furious 7

Posted: 17 May 2014 08:30 PM PDT

Sang adik memang memiliki tampang dan perawakan yang sama dengan sang kakak.

Cody Walker terlihat di lokasi syuting "Fast & Furious 7" di California pada Jumat (16/5/2014) waktu setempat. Cody, bersama kakak Paul lainnya, Caleb, dikontrak untuk menggantikan sang kakak, Paul Walker yang tewas akibat kecelakaan November silam.

Dalam foto yang diunggah People, Minggu (18/5/2014) itu, Cody terlihat di kawasan Pacific Palisades mengenakan kaus abu-abu dan potongan rambut khas tokoh Brian O'Conner yang sebelumnya dimainkan Paul Walker di franchise "Fast & Furious".

Produser mengumumkan April lalu kakak dan adik Paul akan membantu menyelesaikan syuting "Fast 7 & Furious 7" yang belum tuntas. Adegan-adegan dramatis sudah diselesaikan Paul, namun beberapa adegan aksi masih harus direkam gambarnya.

"Caleb dan Cody membantu kami menyelesaikan syuting adegan laga menggantikan Paul. Mendapatkan mereka syuting bersama kami seperti Paul juga tengah bersama kami," kata pernyataan pihak produser April lalu di laman Facebook resmi filmnya.

"Fast & Furious 7" dijadwalkan rilis 10 April 2015 di Amerika Serikat.

(Ade)

Tokoh Balet Indonesia Farida Oetoyo Menutup Mata

Posted: 17 May 2014 08:25 PM PDT

Minggu dini hari pukul 03.49 WIB di Rumah Sakit Bintaro, tokoh balet Indonesia Farida Oetoyo meninggal dunia.

Almarhumah dikenal sebagai pelopor balet di Indonesia dan merupakan satu-satunya pebalet alumni akademi balet ternama dunia, Bolshoi di Rusia.

Sekembalinya ke Indonesia, Farida mendirikan sekolah balet pertama di Indonesia, Ballet Sumber Cipta yang masih bertahan hingga kini. Sekolah balet ini bahkan mencetak penari balet unggulan dan ternama di Indonesia seperti pasangan Adella dan Aletta, Sherina, hingga koreografer Chendra Panatan dan Rusdi Rukmarata.

Sejumlah ucapan bela sungkawa memenuhi timeline media sosial pagi ini. Ucapan duka antara lain datang dari mantan menantunya, Titi Rajo Bintang. Selain itu, pianis Ananda Sukarlan, Alvin Adam, Djenar Maesa Ayu, Budiman Sudjatmiko, Tommy Awuy, serta penyiar Gery Puraatdimadja.

 

(Foto: Facebook Farida Oetoyo)

"Beliau sangat luar biasa, tokoh ballet Indonesia yang sangat mencintai profesinya. Dan banyak menjadi sumber inspirasi bagi para penari serta koreografer Indonesia," kata Chendra Panatan, koreografer kenamaan yang pernah belajar dan  bekerjasama dengan Farida Oetoyo ketika dihubungi lifestyle.liputan6.com, Minggu 918/5/2014).

Chendra sendiri pernah menarikan tarian karya Farida yang berjudul 'perjalanan 20 detik'. Sebuah karya personal yang berkisah tentang pertemuan dalam 20 detik, menciptakan banyak kisah cinta, relasi antara laki dan perempuan, suka cita dan gairah.

Jenazah Farida Oetoyo hingga kini masih di semayamkan di rumah duka, di Kompleks Perumahan Pondok Pinang. Pemakaman akan dilakukan Minggu siang ini, pukul 1 di TPU Tanah Kusir.

Selamat Jalan Farida Oetoyo, ibu bagi para penari di Indonesia.

Ical Masih Percaya Diri Jadi Capres dari Golkar

Posted: 17 May 2014 08:22 PM PDT

Partai Golkar dan Partai Demokrat sepakat untuk membentuk poros baru pada Pilpres 2014. Pembahasan kemungkinan membentuk poros baru itu kini tengah digodok oleh Tim 6 yang terdiri dari perwakilan kedua partai.

Meski begitu, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengaku, sejauh ini dirinya masih diusung sebagai capres pada Pilpres 2014 oleh partainya.

"ARB," tegas pria yang karib disapa Ical itu dengan percaya diri saat ditanyakan mengenai siapa capres usungan partainya jelang Rapimnas Partai Golkar ke-VI di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (18/5/2014).

Selain itu, Ical juga sempat menyebut 1 nama dari Partai Demokrat yang kemungkinan menjadi cawapres-nya. Menurut Ical, nama mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu diusulkan sendiri oleh Demokrat.

"Pengajuan itu kan dari Demokrat. Kalau koalisi kan yang satu nentuin satu, yang satu lainnya nentuin satu juga," ujar Ical.

Golkar hari ini menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-VI. Rapimnas yang diadakan di JCC itu disebut-sebut untuk menentukan arah politik Golkar dalam menghadapi Pilpres 2014. Apakah terus mengusung Ical sebagai capres, merapat ke Partai Demokrat kemudian membentuk poros baru, atau bergabung dengan PDIP yang mengusung Jokowi sebagai capres.

Sementara Tim 6 sendiri terdiri atas perwakilan Partai Golkar dan Demokrat. Anggotanya, yakni Idrus Marham (Golkar), Agung Laksono (Golkar), MS Hidayat (Golkar), dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas (Demokrat), Jero Wacik (Demokrat), Syarief Hasan (Demokrat). (Mut)

Blusukan ke Subang, Jokowi Incar Pemilih di Pasar Tradisional

Posted: 17 May 2014 08:18 PM PDT

Pendaftaran capres dan cawapres mulai dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun Jokowi, bakal capres usungan PDIP, NasDem, PKB, dan Hanura memilih blusukan ke 2 pasar di Kabupaten Subang, Jawa Barat, yaitu Pasar Cipeundeuy dan Pasar Kalijati.

Pria bernama lengkap Joko Widodo tersebut mengakui mengincar pemilih di pasar-pasar tradisional dalam Pilpres 2014. "Ya tentu saja di pasar ini tempat keramaian, di mana orang berkumpul. Itu yang ingin kita ambil, ada kerakyatannya," jelasnya di Pasar Cipeundeuy, Minggu (18/5/2014).

Menurutnya, pasar tradisional merupakan ruang interaksi masyarakat dan bukan hanya tempat bertemunya penjual dan pembeli. Bahkan sudah merupakan budaya warga Indonesia untuk bertemu, saling menyapa, dan melakukan tawar menawar di pasar tradisional.

Gubernur DKI Jakarta Nonaktif itu menjelaskan, lebih dari 90% pasar tradisional di Indonesia masih kumuh, becek, minim fasilitas seperti tempat parkir. Sehingga apabila harus disandingkan dengan pasar modern, dipastikan pasar tradisional kalah saing.

"Oleh sebab itu pemerintah harus memberi perhatian khusus kepada pasar tradisional karena di pasar ini tempat dijualnya produk-produk petani, baik beras, sayur, gula, ikan, tahu, semuanya dijual di pasar tradisional," terang Jokowi.

Jokowi tiba di Pasar Cipeundeuy sekitar pukul 09.00 WIB. Didampingi politisi PDIP Teten Masduki dan beberapa pengawal pribadi yang berbaju serba putih, Jokowi sempat memborong jajanan tradisional seperti kerupuk dan keripik. Warga yang melihat kedatangnnya, langsung berkerumun untuk bersalaman dan berfoto bersama.

"Pak, bapak kasep (ganteng)," celetuk salah seorang warga yang hanya dibalas tawa oleh Jokowi.

Kemudian, ia pun bergeser ke Pasar Kalijati yang juga disambut riuh warga. Usai itu, Jokowi dan rombongan yang dikawal mobil patwal lalu melanjutkan perjalanan ke posko relawan di Subang.

Duet Ical-Pramono Edhie, Golkar Tunggu Hasil Rapimnas Demokrat

Posted: 17 May 2014 08:14 PM PDT

Partai Golkar belum menentukan koalisinya dalam Pilpres 2014. Si Beringin masih menimbang akan ikut poros Prabowo Subianto apa Jokowi, atau membentuk poros baru bersama Partai Demokrat.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono mengatakan, wacana pembentukan poros baru dengan Partai Demokrat masih 'digodok' Tim 6. Tim tersebut terdiri atas perwakilan kedua partai, yakni Idrus Marham, Agung Laksono, dan MS Hidayat dari Golkar serta Edhie Baskoro Yudhono, Jero Wacik, dan Syarief Hasan dari Demokrat.

Agung menjelaskan, Tim 6 tersebut tengah mempertimbangkan sejumlah faktor. "Yang utamanya ada 2 faktor, yaitu tentang figur calon presiden dan calon wakil presidennya serta pembiayaan pemenangan pilpres," ujar Agung jelang Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar ke-VI di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Minggu (18/5/2014).

Agung menerangkan, salah satu kemungkinan yang sedang dibicarakan mengenai mengusung Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie atau Ical dengan salah satu peserta Konvensi Demokrat, Pramono Edhie Wibowo. Kemungkinan itu juga akan dibawa kedua partai dalam Rapimnas masing-masing. Di mana nanti siang Demokrat juga akan mengadakan Rapimnas.

"Yang pasangan ARB sebagai capres dan wakilnya Pramono Edhie. Satu itu saja. Nanti tinggal menunggu keputusan dari partai yang nanti dilempar di Rapimnas masing-masing. Saya dengan Golkar di rapimnas dan Demokrat juga rapimnas. Nanti kalau itu sudah diterima. Klop sudah," ujar Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat tersebut.

Namun begitu, Agung memastikan, kemungkinan berkoalisi dengan partai lain di luar poros baru, juga akan dipertimbangkan Golkar. Apalagi jika melihat, capres dan cawapres harus sudah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 20 Mei nanti.

"Masih ada kemungkinan lain. Tidak menutup kemungkinan seperti itu. Karena ini sudah injury time. Jadi harus juga melakukan langkah cadangan. Langkah cadangan itu kalau koalisinya mentok," tukas Agung.

Kesamaan Visi

Sekjen Partai Golkar Idrus Marham menambahkan, partainya melihat banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk berkoalisi. Salah satunya tentang adanya kesamaan pandangan ke depan dari partai-partai yang berkoalisi.

"Kesamaan visi. Tapi di dalam komunikasi politik yang ada itu sangat dinamis," ujarnya.

Terkait pertemuan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie atau Ical ke sejumlah pihak dalam kurun waktu-waktu terakhir, Idrus menyatakan hal itu biasa dalam dunia politik. Idrus menampik, pertemuan-pertemuan Ical itu sebagai bentuk kebingungan Ical.

"Setiap acara nasional diawali dengan rahmah tamah. ARB nggak perlu menggalang dukungan," ucapnya.

Rapimnas Partai Golkar akan menentukan arah politik dalam menghadapi Pilpres 2014. Apakah terus mengusung Ical sebagai capres dan merapat ke Partai Demokrat, atau bergabung dengan PDIP yang mengusung Jokowi sebagai capres.

Odin, Android Mungil yang Bisa Jadi Komputer dan TV

Posted: 17 May 2014 08:12 PM PDT

Ada beberapa Komputer mungil yang saat ini beredar di pasaran. Namun dalam pengoperasiannya, pengguna tetap memerlukan perangkat tambahan seperti monitor atau kabel.

Untuk membuatnya semakin simpel, perusahaan teknologi Dos Owls merancang perangkat mini berbasis Android yang memiliki fungsi layaknya komputer dan televisi. Ukurannya hanya 4,3 x 6 x 1,8 inci dan berat kurang dari 1 kg atau tepatnya 997 gram.

Layaknya perangkat Android lainnya, gadget yang dijuluki Odin ini memiliki akses ke toko aplikasi Google Play Store guna memperoleh aplikasi untuk aktivitas hiburan atau produktivitas.

Sebagai pengganti monitor, Odin dilengkapi lensa proyektor 0,3 inci dengan lampu LED sebagai sumber cahaya untuk memancarkan gambar beresolusi 854 x 480 piksel. Gambar yang ditampilkan diklaim cukup jernih sehingga bisa digunakan untuk presentasi. 

Untuk mendukung kinerja, perangkat ini ditopang prosesor quad-core 1.6 GHz Cortex A9, RAM 2 GB, pilihan kapasitas penyimpanan 8/16/64 GB, koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth, dan sistem operasi Android 4.4 KitKat. Demikian seperti dikutip dari laman BGR, Minggu (18/5/2014).

Odin juga telah dipersenjatai dengan port HDMI, USB, dan baterai 2.500 mAh yang bisa dilepas atau diisi ulang. Baterai yang ada diklaim bisa diapakai hingga 45 menit dalam modus hiburan dan 6 jam jika cuma digunakan untuk mendengarkan musik.

Dengan spesifikasi tersebut, bisa dibilang Odin mampu menggantikan fungsi komputer atau televisi, namun dengan ukuran yang lebih ringkas sehingga dapat dengan mudah dibawa berkeliling.

Berminat? Odin rencananya akan dipasarkan di platform pendanaan Kickstarter mulai 28 Mei 2014 dengan harga US$ 495 atau sekitar Rp 5,6 juta.

Dana Investor Asing Membanjiri Pasar SUN dan Saham

Posted: 17 May 2014 08:05 PM PDT

Indonesia masih menjadi tempat menarik bagi investor asing untuk berinvestasi di pasar keuangan. Lihat saja kepemilikan asing di Surat Utang Negara (SUN) dan saham terus bertambah.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan (Kemenkeu), kepemilikan asing di SUN mencapai Rp 384,86 triliun pada 14 Mei 2014. Jumlah ini naik sekitar Rp 61 triliun (18,84%) dari kepemilikan asing SUN pada Desember 2013 mencapai Rp 323,83 triliun.

Sedangkan dana asing yang masuk ke pasar modal mencapai Rp 38,25 triliun hingga 16 Mei 2014. Padahal tahun lalu dana asing keluar sekitar Rp 20 triliun pada semester kedua 2013. Dana asing masuk ke pasar modal Indonesia mendorong Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tembus ke level tertinggi di 5.031 pada 2014.

Sejumlah ekonom menilai, dana asing terus masuk ke pasar keuangan Indonesia didukung dari sentimen politik. Pemilihan umum (Pemilu) legislatif berjalan cukup baik memberikan harapan terhadap pemilu Presiden pada Juli 2014 juga berjalan lancar. Selain itu, imbal hasil SUN Indonesia masih tinggi juga menarik investor asing.

Ekonom David Sumual mengatakan, pasar keuangan Indonesia masih menarik karena melihat sejarah, pelaksanaan pemilu memberikan harapan tinggi terhadap pemerintahan baru. Apalagi kalau pelaksanaan pemilu berjalan satu putaran sehingga memberikan kepastian politik.

Masuknya investor asing ke emerging market termasuk Indonesia juga didukung dari ketidakpastian ekonomi global di Amerika Serikat dan Eropa. "Data tenaga kerja dan manufaktur Amerika Serikat kurang baik membuat investor kembali melihat aset di emerging market," ujar David saat dihubungi Liputan6.com, seperti yang ditulis Minggu (18/5/2014).

Ekonom PT Bank Mandiri Tbk Andry Asmoro mengatakan hal yang sama. Andry menambahkan, data ekonomi Indonesia cukup baik dengan inflasi dan defisit transaksi berjalan masih terkendali pada awal 2014 sehingga masih memberikan sentimen positif untuk investor asing. Lalu perbandingkan imbal hasil masih baik juga menjadi daya tarik buat investor.

"Makro ekonomi cukup baik, tidak adanya gejolak saat pemilu sehingga memberikan dampak positif untuk politik ke depan sehingga mendorong asing masuk," kata Andry.

Kedua ekonom ini pun sepakat dana asing masih akan terus masuk ke Indonesia dengan catatan pemilu berjalan aman dan makro ekonomi Indonesia baik.

Meski demikian, memang kepemilikan asing terus bertambah di pasar keuangan ini perlu diwaspadai. Apalagi kalau tiba-tiba dana asing keluar karena adanya gejolak global dan domestik.

"Bila terjadi turbulensi maka akan menaikkan imbal hasil yang dapat mempengaruhi suku bunga dalam negeri," tutur David.
David menuturkan, bila kepemilikan asing masih sekitar 30% dari total kepemilikan SUN yang beredar maka itu masih cukup baik.

Selain itu, instrumen penawaran surat utang yang beragam juga dinilai dapat menjadi antisipasi untuk mengurangi risiko bila dana asing keluar.

"Sekarang ada saving bond jadi instrumen investasi menjadi lebih beragam. Jadi investor asing dan domestik tidak terfokus pada satu instrumen saja sehingga risiko jadi lebih tersebar," ujar David.

Sedangkan Andry menilai, selama ini Bank Indonesia (BI) dan pemerintah sudah mempersiapkan crisis management protocol (CMP) untuk mengantisipasi risiko volatilitas apabila dana asing itu keluar dari Indonesia. (Ahm/)

Tidak ada komentar: