Senin, 19 Mei 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Di Bali, Merayakan Harkitnas dengan Tabur Bunga

Posted: 19 May 2014 09:03 PM PDT

Gubernur Bali Made Mangku Pastika bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta Tabanan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-106 tahun 2014, Senin (19/5). Hadir pada Upacara tabur bunga ini Danlanal Denpasar Kolonel Laut (S) Julius Widjojono, Dandim Tabanan, Kapolres Tabanan dan jajaran Muspida TK-I Bali dan Kabupaten Tabanan, Danrindam IX/Udayana .
 
Tema Hari Kebangkitan Nasional tahun ini yaitu ”Maknai Kebangkitan Nasional Melalui Kerja Nyata Dalam Suasana Keharmonisan Dan Kemajemukan Bangsa” . Upacara Tabur Bunga ini untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa serta mendoakan para pejuang bangsa yang telah gugur  mendahului kita.
 
Gubernur Bali mengatakan bahwa Kebangkitan Bangsa yang dipelopori oleh para pemuda 106 tahun yang lalu merupakan tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang hasilnya kita rasakan sampai dengan saat ini. “Untuk itu kegiatan tabur bunga ini sebagai penghormatan kita sebagai  generasi penerus bangsa dari para pendahulu, kita wajib memelihara apa telah tertuang dalam cita – cita dan makna kebangkitan bangsa yang dicetuskan oleh para pendahulu kita sesuai dengan makna hari Kebangkitan Nasional tahun ini”, tegas Gubernur.
 
Penulis:

Kadispenarmatim Letkol Laut KH Abdul Kadir

 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

Pamela Anderson Pernah Diperkosa Geng, Diobati Binatang

Posted: 19 May 2014 09:00 PM PDT

Mantan bintang Baywatch Pamela Anderson (46) memiliki masa kecil yang kelam. Ia pernah menjadi korban penganiaayan dan perkosaan geng yang direncanakan pacarnya sendiri. Tapi, ia bisa bangkit karena binatang.

Anderson yang muncul di Cannes meluncurkan amal untuk hewan. Saat itu, ia menceritakan kenangan yang paling menyakitkan saat masih kecil. Ia menggambarkan serangkaian seksual yang terjadi sewaktu masih kecil. Semua dimulai ketika ia dianiaya di rumah teman wanita keluargnya.

"Saya tak memiliki masa kecil yang mudah, saya dianiaya sejak usia 6 tahun oleh babysitter perempuan," kata Anderson seperti dikutip Mirror, Senin (19/5/2014).

Belum lagi kisahnya dengan kekasih pertamanya di sekolah. Pacarnya itu yang merencanakan pemerkosaan geng terhadap dirinya.

"Dia melihat hal yang lucu jika geng memerkosa saya dengan enam teman-temannya. Saya ingin pergi dari bumi ini," katanya.

Pengalaman pahit di dalam hidupnya membuat Anderson sulit mempercayai orang. Sebenarnya, orangtuanya mencoba membuatnya merasa aman, tapi baginya dunia ini bukanlah tempat yang aman.

"Ayah saya adalah seorang pecandu alkohol, ibuku melakukan dua pekerjaan, ibuku selalu menangis, ayah tidak selalu pulang," katanya lagi.

Kisah serangan seksual yang dialami Anderson diceritakan di Cannes itu karena ia ingin menyampaikan bahwa rasa cintanya kepada hewan yang menyelamatkannya dari rasa depresi. "Hewan-hewan yang menyelamatkan saya. Ini datang ke saya secara alami.... Saya tak yakin mengapa saya masih hidup," katanya.

Anderson bersumpah ingin melindungi hewan-hewan di bumi ini karena hwan tersebut yang selama ini membantunya mengobati trauma sehingga ia tergerak untuk meluncurkan amal untuk binatang.

Hugh Jackman Ingin Wolverine Gabung dengan Avengers, Mungkinkah?

Posted: 19 May 2014 09:00 PM PDT

Mungkinkah Wolverine yang anggota dalam X-Men bergabung dengan tim superhero Avengers?

Mungkin saja. Apalagi bila sang pemeran Wolverine sendiri, Hugh Jackman, menginginkannya. Jackman, yang film barunya sebagai Wolverine di X-Men: Days of Future Past segera rilis, mengatakan pada IGN, Selasa (20/5/2014), ingin ada crossover antara superhero X-Men dengan superhero Avengers (Hulk, Thor, Iron Man, Captain America, dan lain-lain). Film superhero impian Jackman, Wolverine kelak bergabung dalam film Avengers.

"Saya sangat senang melihatnya (Wolverine) menjadi bagian dari tim Avengers," kata Jackman. "Karena karakter mereka (Avengers) unik, dan saya rasa Wolverine akan cocok. Dia (Wolverine) pasti menyukai hal itu."

Jackman bahkan sudah membayangkan Wolverine bakal berkelahi dengan Hulk. "Tak diragukan lagi dia bakal berkelahi dengan Hulk pada satu titik," katanya. "Dua superhero berperangai buruk itu, yang punya amarah besar akan terlibat pertengkaran. Itu pasti bakal mengasyikkan."

Jika Hulk berkelahi dengan Wolverine, siapa yang bakal menang? "Yang pasti akan seru saat syuting adegan itu. Mungkin Wolverine akhirnya yang babak belur, tapi, hei, dia bisa menyembuhkan diri sendiri," jawab Jackman.

Well, sang pemeran Wolverine boleh berandai-andai bergabung bersama tim Avengers. Hanya masalahnya, meski X-Men dan Avengers berada dalam satu payung komik Marvel (dan di komik mereka pernah bersatu), untuk hak memfilmkan para superhero ini berada di tangan studio film berbeda.

Hak memfilmkan karakter X-Men hingga saat ini berada di bawah studio 20th Century Fox, sedang Avengers berada di bawah studio Marvel milik Disney.

Crossover hanya dimungkinkan bila kedua studio itu sepakat bekerjasama. Atau opsi lain: Fox menyerahkan hak atas film X-Men ke studio Marvel. Entah lewat menjualnya atau membiarkan haknya hangus dimakan waktu (bisa terjadi bila dalam kurun waktu tertentu Fox tak lagi membuat film-film X-Men).(Ade/Mer)

Kejutan Politik Bikin Rupiah Loyo

Posted: 19 May 2014 08:58 PM PDT

Nilai tukar rupiah yang sempat mencatatkan penguatan terbesar di Asia pada perdangangan kemarin ternyata kembali melemah setelah Partai Golongan Karya (Golkar) memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai calon presiden Republik Indonesia. Rupiah dibuka melemah dan kembali ke kisaran Rp 11.400 per dolar AS.

Kurs Referensi Jakarta Interbank Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, Selasa (20/5/2014) menunjukkan nilai tukar rupiah bertengger di level Rp 11.441 per dolar AS setelah mencetak penguatan terbesar di Asia pada perdagangan sebelumnya. Rupiah secara signifikan kembali mengalami koreksi hingga 90 poin dari level Rp 11.351 per dolar AS pada perdagangan kemarin.

Data kurs valuta asing (Valas) Bloomberg juga menunjukkan rupiah masih melanjutkan pelemahan setelah ditutup melemah pada perdagangan kemarin. Rupiah tercatat dibuka di level Rp 11.443 per dolar AS.

Jelang siang, rupiah masih terus berfluktuasi melemah setelah sempat menguat tipis ke level Rp 11.430 pada perdagangan pukul 8.59 waktu Jakarta. Rupiah masih diperdagangkan di kisaran Rp 11.430 per dolar AS-Rp 11.451 per dolar AS hingga perdagangan pukul 10.43 waktu Jakarta.

Hasil riset Samuel Sekuritas Indonesia menunjukkan, koalisi partai serta pengumuman pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pemilu tahun ini masih menjadi sentimen kuat yang mempengaruhi pergerakan rupiah. Sementara pelemahan rupiah masih dapat terus berlanjut.

"Rupiah yang menguat di pembukaan kemarin akhirnya melemah setelah Partai Golkar memutuskan mendukung calon presiden Prabowo. Pelemahan rupiah mungkin berlanjut mengingat kejutan politik masih perlu diwaspadai hari ini," terang ekonom Samuel Sekuritas, Rangga Cipta. (Sis/Gdn)

Sampoerna Pecat 4.900 Pekerja karena Rokok Kretek Mulai Tak Laku

Posted: 19 May 2014 08:57 PM PDT

PT HM Sampoerna, salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.900 karyawan di Jember dan Lumajang, Jawa Timur.

Perusahaan beralasan hal ini terjadi karena terus menurunnya pangsa pasar Sigaret Kretek Tangan (SKT) yang diproduksi di kedua wilayah tersebut.

Sekretaris Jenderal Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI) Hasan Aoni Aziz membenarkan bahwa setiap tahun terjadi penurunan pangsa pasar dari jenis rokok SKT ini.

"Pangsa pasar kretek SKT memang sedang mengalami penurunan dan selalu turun tiap tahunnya. Yang stabil, bahkan justru meningkat itu SPM (Sigaret Putih Mesin) dan SKM (Sigaret Kretek Mesin)," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Dia menjelaskan, pola kebiasaan masyarakat yang saat ini lebih banyak mengkonsumsi SKM jenis mild ini yang lama-kelamaan menggerus pangsa pasar SKT, sehingga pada akhirnya mempengaruhi hidup dan matinya industri rokok SKT itu sendiri.

"Mild ini jenis rokok yang luar biasa menggerus rokok jenis SKT. Jadi polanya seperti ini, jika terjadi kenaikan konsumsi pada SKM, biasanya akan diikuti dengan penurunan pada SKT," jelasnya.

Menurut dia, pola konsumsi rokok memang berbeda dengan pola konsumsi produk lain. Jika konsumsi satu jenis rokok penurunan, maka akan terjadi kenaikan pada jenis rokok yang lainnya.

Hal ini karena secara total, pangsa pasar rokok cenderung tidak berubah karena orang yang berhenti untuk merokok terhitung tidak banyak dan butuh proses yang panjang.

"Dari data kami, banyak switching ke SKM. Jadi secara ekonomi, meskipun dari sisi harga SKM ini lebih mahal tetap ada indikator ekonomi yang mendukung pola konsumsi orang. Sepanjang ekonominya stabil, orang akan lebih memilih SKM," tandas dia.

Berdasarkan data GAPPRI, pangsa pasar SKT tiap tahunnya terus turun, di mana pada 2009 sebesar 32,80%, 2010 menurun 31,06%, 2011 sebesar 29,63%, 2012 sebesar 27,67% dan 2013 menjadi 26,07%.

Sebaliknya terjadi pada pangsa pasar SKM yang tiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Mulai dari 2009 yang sebesar 59,24%, 2010 sebesar 60,79%, 2011 sebesar 61,74%, 2012 sebesar 62,92% dan 2013 sudah mencapai 66,20%.

Sementara itu, untuk jenis SPM, cederung stabil, dimana pada 2009 pangsa pasarnya sebesar 6,18%, 2010 sebesar 6,06%, 2011 sebesar 5,72%, 2012 sebesar 6,24% dan 2013 sebesar 5,99%. (Dny/Nrm)

Ashley Cole akan Tinggalkan Chelsea

Posted: 19 May 2014 08:45 PM PDT

Ashley Cole akan meninggalkan Chelsea setelah selama delapan musim bermain bersama klub Premier League itu. Lewat akun Twitter, mantan bek timnas Inggris ini, menulis bahwa masa kerjanya selama delapan tahun di Stamford Bridge sudah akan berakhir. Dan, dia tidak akan bermain lagi untuk Chelsea pada musim depan.

Kontrak Cole dengan "The Blues" memang akan habis pada bulan depan. "Saya mempertimbangkan opsi-opsi saya untuk bermain pada musim depan dengan agen saya, dan dengan sedih kelihatannya Chelsea tidak akan menjadi salah satu dari mereka," tulis pemain 33 tahun ini, seperti dilansir Soccerway, Selasa (20/5/2014).

"Terima kasih Chelsea untuk delapan tahun karier saya di sini, merupakan sebuah kegembiraan untuk bekerja dengan semua staf dan pemain, kami telah banyak hal, baik dan buruk."

"Dan sekarang saya akan mencari perjalanan lain dalam hidup saya. Mudah-mudahan itu dapat penuh kegembiraan dan tentu saja memenangi sesuatu."

Cole didatangkan Chelsea dari Arsenal dengan nilai transfer lima juta pound ditambah William Gallas pada 2006. Dan, dia telah memenangi satu gelar Liga Utama Inggris, empat Piala FA, Liga Europa, serta Liga Champions 2012 bersama klub London barat itu.

Sejauh ini Cole sudah tampil dalam 338 pertandingan di semua kompetisi bersama Chelsea. Namun, musim ini pemain asal Inggris itu tak banyak diberi kesempatan bermain oleh manajer Jose Mourinho. Sebab, pria Portugal itu lebih memberi kepercayaan kepada Cesar Azpilicueta.

Cole yang telah bermain 107 kali untuk timnas Inggris, juga memutuskan untuk mengakhiri karier internasionalnya setelah tidak dimasukkan Roy Hodgson dalam tim Piala Dunia.

Pengusaha Logistik Menentang Keras Rencana Kenaikan Biaya CHC

Posted: 19 May 2014 08:45 PM PDT

Pelaku usaha logistik menolak rencana kenaikan Container Handling Charge (CHC) di  Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta di tengah pertumbuhan ekonomi yang lambat dan tingginya biaya logistik nasional.

"Sangat disayangkan, PT Pelindo II mengajukan usulan kenaikan CHC pelabuhan Tanjung Priok kepada Kemenhub beberapa waktu lalu," kata Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia Zaldi Ilham Mashita dalam keterangannya, Selasa (20/5/2014).

Menurut dia,  dengan kenaikan volume dan efisiensi yang selama ini didengung-dengungkan oleh PT Pelindo II (persero), seharusnya CHC malah turun bukan justru sebaliknya naik.
 
Selama ini, katanya, PT Pelindo II sudah menjadi salah satu penyebab utama tingginya biaya logistik di Indonesia.

"Dengan menguasai 70% pergerakan angkutan laut di tanah air, setiap kenaikan biaya di Tangjung Priok akan meningkatkan biaya logistik," tegas dia.

Zaldi menambahkan biaya 1 kontainer di Tanjung Priok lebih mahal dua kali lipat dibandingkan dengan biaya pengiriman dari Jakarta ke Hongkong.

Padahal beberapa bulan lalu, Pelindo II baru saja  menaikkan biaya penyimpanan di pelabuhan hingga lebih dari 300% yang berdampak kepada semua importir tanpa pandang bulu.

"Sekarang manajemen PT Pelindo II mengusulkan lagi kenaikan CHC dimana CHC di Tanjung Priok selama ini adalah yang  paling tinggi dibandingkan berbagai pelabuhan di kawasan ASEAN," tegasnya.

ALI menegaskan menolak dengan tegas usulan kenaikan CHC oleh Pelindo II di Pelabuhan Tanjung Priok dan memohon pada Menteri Perhubungan untuk menolak rencana Pelindo II tersebut.

Bahkan ALI meminta dengan kenaikan CHC, seharusnya RJ Lino selaku Direktur Utama mengundurkan diri sebagai Dirut Pelindo II karena gagal membuat Tanjung Priok lebih efisien, sebaliknya telah membuat biaya logistik semakin tinggi.

Zaldi juga mengingatkan pentingnya pemerintah segera mengembangkan pelabuhan di sekitar Tanjung Priok seperti Marunda, Dry Port Cikarang, Cilamaya, Tanjung Emas, Tanjung Perak agar arus barang tidak menumpuk pada Pelabuhan Tanjung Priok.(Nrm)

Tersangka 3 Kasus Pembunuhan Jadi Calon Menteri Baru India

Posted: 19 May 2014 08:45 PM PDT

Kekuatan politik sayap kanan, Bharatiya Janata Party (BJP), memenangkan Pemilu India, mengalahkan dominasi  Partai Kongres yang dikuasai dinasti Nehru-Gandhi. Pemimpin oposisi Narendra Modi dipastikan menjabat sebagai perdana menteri baru.  

Namun, skandal membayangi kabinetnya. Salah satu pembantu dekat Narendra Modi, Amit Shah, ditunjuk bergabung dalam pemerintahannya meski menghadapi tiga tuduhan pembunuhan.

Seperti dimuat Daily Mail, Selasa (20/5/2014), Amit Shah adalah mantan menteri di negara bagian Gujarat, yang membantu kemenangan pemilu partai nasionalis Hindu itu menuju kekuasaan. Dia ditugaskan melakukan kampanye BJP di Uttar Prades, negara bagian terbesar di India.

Upayanya berhasil menyabet 71 dari 80 kursi parlemen dari negara bagian tersebut -- proporsi signifikan dari anggota parlemen India yang secara keseluruhan berjumlah 534. Sebaliknya, Partai Kongres hanya berhasil mengamankan 44 kursi nasional.  

Sebagai hadiah, Amit Shah menjadi calon kuat memegang jabatan penting dalam pemerintahan baru yang akan diumumkan hari ini.

Shah menghadapi 3  tuduhan terkait pembunuhan polisi atas 3 terduga teroris Muslim di Gujarat, saat ia menjabat sebagai menteri dalam negeri di negara bagian tersebut.

Dia menyangkal tuduhan itu, yang katanya bermotif politik untuk mendiskreditkan kepemimpinan baru .

PM Narendra Modi  juga menghadapi tuduhan tidak melakukan banyak upaya untuk menghentikan kerusuhan komunal di Gujarat pada 2002.

Sekitar 1.000 orang tewas dalam kerusuhan itu, sebagian besar adalah Muslim. Modi selalu membantah tuduhan itu dan ia tidak pernah dijerat hukum.

34 Persen Anggota DPR 'Kriminal'



Tak cuma calon menteri, parlemen India mendatang akan diisi politisi yang menghadapi tuduhan kriminal. Meski, dalam kampanyenya, PM terpilih Narendra Modi berjanji membentuk pemerintah yang bersih.

Sejumlah anggota parlemen dari BJP menghadapi tuduhan kriminal termasuk pembunuhan, penculikan, perampokan, dan penghasutan yang mengarah pada  ketidakharmonisan masyarakat.

Riset dari Association for Democratic Reforms menunjukkan, 186 anggota baru majelis rendah, atau 34 persen menghadapi tuduhan kriminal. Lebih banyak dari 158 anggota parlemen sebelumnya.

Sementara 21 persen dari  543 anggota parlemen menghadapi tuntutan pidana serius. Empat dari 9 anggota parlemen yang dituduh melakukan pembunuhan berasal dari BJP, dan begitu juga 10 dari 17 anggota parlemen yang didakwa dengan percobaan pembunuhan.

Jagdeep Chhokar dari Association for Democratic Reforms mengatakan, partai politik memilih kandidat anggota parlemen berdasarkan peluang mereka untuk menang dalam pemilu, bukan kontribusi mereka pada pemerintahan yang baik setelah terpilih.

"Masyarakat tidak bisa berharap bahwa orang-orang ini dapat berkontribusi terhadap tata kelola pemerintahan yang baik selama masa jabatan mereka," kata Chhokar, seperti dimuat Arab News.

"Jika ini terus berlanjut pada pemilu mendatang maka akhirnya Anda akan melihat sebagian besar legislator terlibat kasus kriminal. Kedengaran konyol tapi itu nyata," kata dia. (Yus)

Cody Simpson Foto Telanjang di Hotel

Posted: 19 May 2014 08:45 PM PDT

Penyanyi asal Australia, Cody Simpson membuat sensasi saat berada di sebuah hotel di Miami, Florida. Ia menikmati keindahan pantai dari atas balkon tanpa mengenakan busana.

Foto tersebut diambil dari belakang, sehingga hanya bokongnya saja yang tampak. Ia pun mengunggahnya ke jejaring sosial dengan memberi keterangan, "Hari Minggu pagi di pantai setelah malam besar berselancar. Diambil oleh Bae."

Dilansir Contactmusic, Selasa (20/5/2014), bae merupakan singkatan dari baby, yang dimaksudkan adalah mantan pacarnya, Gigi Hadid. Namun, gambar yang semula diposting ke Instagram harus dihapus karena melanggar aturan.

Cowok 17 tahun ini rupanya merasa terganggu dengan dihapusnya gambar tersebut. Ia pun mentwit, "Sepertinya Instagram tidak suka saya."

Di hari yang sama, pelantun All Day ini juga memposting foto dirinya bertelanjang dada, duduk di atas balkon. Cody Simpson hanya mengenakan denim biru yang dipadukan sepatu warna cokelat serta topi sebagai asesoris. (Mer/Ade) 

Ponsel Layar Lengkung LG Meluncur Awal 2015?

Posted: 19 May 2014 08:41 PM PDT

Generasi penerus ponsel berlayar fleksibel dari LG, G Flex kemungkinan sedang dalam tahap pengembangan. Bocoran informasi dari sequel G Flex itu diungkap lewat kicauan akun Twitter pembocor yang terpercaya, @evleaks.

Dalam kicauannya, @evleaks menyebutkan bahwa perangkat ini kemungkinan bakalan dibekali dengan fitur baru. Fitur itu bahkan disebutkan akan lebih 'unik' dari bahan plastik yang bisa menyembuhkan diri sendiri yang telah ada di G Flex.

Menurut yang dilansir laman Phone Arena, bocoran itu menyebutkan handset ini kemungkinan masih akan membawa layar seluas 6 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel dan kerapatan gambar 245 piksel per inci.

Sebagai generasi penerus G Flex, handset ini disebut @evleaks sebagai G Flex 2. Sayangnya, nama tersebut masih belum tentu benar-benar akan disematkan pada perangkat yang identik dengan layar lengkung dan kuat dari LG.

Layar fleksibel yang disematkan pada perangkat ponsel sudah lama menjadi harapan banyak orang. Akan tetapi, Samsung dan LG yang paling getol mengembangkan layar fleksibel ternyata hanya mampu membuat ponsel pintar dengan layar lengkung, bukan fleksibel.

Ponsel layar lengkung dan bisa ditekuk hingga 90 derajat buatan LG sempat ramai dirumorkan pada akhir tahun lalu. Rumor tersebut menyebutkan handset ini bakalan memakai layar 6 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Kicauan @evleaks itu pun mengungkap bahwa LG akan melepas G Flex 2 pada pertengahan kuartal pertama tahun depan. LG sendiri masih belum memberikan respon atas rumor baru yang beredar terkait ponsel baru yang sedang dikembangkannya itu.

Tidak ada komentar: