Jumat, 02 Mei 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


OJK Digugat Bubar, DPR: Jangan Berpikiran Sempit

Posted: 02 May 2014 09:12 PM PDT

Tim Pembela Kedaulatan Ekonomi Bangsa (TPKEB) mengugat pembubaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kehadiran OJK dituding tak memberi manfaat dan bertentangan dengan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Lalu apa tanggapan DPR sebagai lembaga pembentuk UU?

"Kalau cantolan UUD 1945, maka semua harus dibubarkan. KPK dan LPS juga harus dibubarkan. Sangat sempit sekali pikirannya," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis dalam diskusi bertemakan 'Haruskah OJK Dibubarkan' di Jakarta, Sabtu (3/5/2014).

Harry menegaskan, kehadiran OJK merupakan amanat dari Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia (BI) yang kemudian diamandemen dalam UU Nomor 3 Tahun 2004. Dalam regulasi tersebut ditegaskan pengawasan bank harus dipisahkan dari bank.

"Jadi kalau alasannya seperti itu ya tidak tepat. Bank Indonesia itu bagian dari UUD, sementara UU OJK merupakan turunan dari UU BI, jadi semuanya terkait," papar dia.

Dia juga menjelaskan, OJK lahir karena pemerintah menilai BI dianggap gagal mengawasi bank.  Setelah peran pengawasan bank dilepas, BI kini lebih fokus ke kebijakan moneter dan inflasi.

"Penggugat tidak paham historis dari OJK dan kegagalan BI," terang dia.

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi XI DPR Achasanul Qosasih. Dia menjelaskan, inti dari pembentukan OJK adalah memisahkan regulator dengan eksekutor.  Sebelum ada OJK, BI bergerak seperti penguasa tunggal yang menjadi regulator dan eksekutor.  Lalu meledaklah Bank Century akibat dari keputusan satu atap di sektor keuangan.

"Saat itu  BI yang bikin aturan, dia yang ubah aturan, dia yang menghukum, dia yang memeriksa dan juga mengawasi. Nah ini berbahaya, makanya harus dipisah," tegasnya.

Alessandro Nesta Bermimpi Latih Madrid

Posted: 02 May 2014 09:08 PM PDT

Setelah bergabung dengan klub raksasa Italia, AC Milan, Alessandro Nesta menjajal kariernya di Major League Soccer (MLS) bersama Montreal Impact. Bermain selama dua musim di sana sejak 2012, sang bek legendaris Italia akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu tahun lalu.

Kini, Nesta yang berdomisili di Kanada sedang fokus menjalani kursus kepelatihan dan bersiap mendapatkan lisensi.  "Sementara ini saya masih tinggal di Kanada dan bersiap mendapatkan lisensi kepelatihan tahun depan," tutur Nesta pada FourFourTwo, seperti dilansir Goal.com, Sabtu (3/5/2014).

Nesta mengatakan bahwa Real Madrid adalah klub yang paling ingin dilatihnya pada masa depan. "Masa depan saya? Di masa depan saya bermimpi untuk melatih Real Madrid, suatu saat nanti. Lantas di mana karier saya akan dimulai? Saya belum tahu, kita nantikan saja," pungkasnya menjelaskan.

Nesta mengawali karier profesionalnya di klub Lazio. Dia turut membantu Lazio meraih Piala Winners pada tahun 1999.  Kemudian, pemain yang berposisi bek tengah ini, bergabung dengan Milan pada tahun 2002.

Di Milan Nesta meraih 1 juara liga Italia, 2 Piala/Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Italia, 1 League Supercup. Dia masuk dalam timnas di Piala Dunia 2006 di Jerman.  Nesta juga sudah lama pensiun dari tim nasional Italia.




Microsoft Akhirnya Benahi Bug di Internet Explorer

Posted: 02 May 2014 09:03 PM PDT

Microsoft menyatakan telah merilis update sistem keamanan untuk perambannya, Internet Explorer (IE) yang belakangan diketahui mengalami gangguan bug yang menjadi celah bagi hacker untuk mengirim malware pada komputer secara diam-diam.

Dalam keterangan resminya, Microsoft mengatakan update tersebut juga akan tersedia untuk sistem operasi (OS) Windows XP, meskipun perusahaan penyedia perangkat lunak itu telah menghentikan dukungannya terhadap OS lawas tersebut.

"Walaupun Windows XP tak lagi didukung oleh Microsoft, namun untuk kasus bug yang ada di IE, kami memutuskan untuk memberikan update untuk semua versi Windows XP," kata Adrienne Hall selaku General Manager Trustworthy Computing Microsoft, seperti dikutip dari laman MSDN, Sabtu (3/5/2014).

Langkah ini diambil karena akhir dukungan untuk Windows XP baru dihentikan pada awal April 2014. Microsoft pun menyarankan agar pengguna Windows XP meng-upgrade OS Windows XP yang ada di komputer mereka dengan OS yang lebih modern.

Mengenai gangguan bug itu sendiri, Hall mengklaim bahwa serangan itu tidak sebesar yang diberitakan para awak media. "Hanya ada sedikit serangan akibat bug dan pada kenyataannya tak sebesar yang diberitakan," paparnya.

Sebagai informasi, perbaikan keamanan untuk IE yang dirilis oleh Microsoft sudah tersedia mulai hari ini melalui Windows Update. Lebih lengkapnya, Anda bisa mengakses situs resmi Microsoft melalui tautan ini.

Namun langkah Microsoft memberikan update untuk pengguna Windows XP itu sebenarnya merupakan tindakan yang kurang tepat. Pasalnya, satu update tidak bisa menjamin keamanan untuk selamanya. Sebuah browser membutuhkan update reguler dan perawatan yang berkelanjutan.

Bug yang ditemukan oleh perusahaan keamanan FireEye tersebut memungkinkan kode jahat untuk mencuri data pribadi, memantau aktivitas pengguna secara online, dan mengontrol komputer secara penuh.

Bug tersebut terdapat dalam versi IE 6 hingga IE 11 yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

10 Mobil Mewah Paling Boros BBM (I)

Posted: 02 May 2014 09:02 PM PDT

Memiliki mobil mewah memang sangat menakjubkan, desain yang elegan dan mesin yang memiliki performa luar biasa sanggup menarik perhatian orang di sekeliling ketika mobil sedang dikemudikan di jalan. Namun, di balik performa dan harga yang fantastis ternyata mobil mewah pun mengonsumsi BBM yang sangat besar untuk menunjang performa mesin yang luar biasa.

Mobil-mobil mewah ini pun tak dapat diisi sembarang bensin, minimal sekali harus diisi dengan bahan bakar beroktan 95 atau setara dengan pertamax plus. Di Indonesia sendiri saat ini harga eceran rata-rata pertamax plus mencapai Rp 12.300 per liter

Dengan semakin menipisnya jumlah bahan bakar fosil di dunia membuat golongan mobil mewah dengan mesin yang boros dapat semakin cepat menghabiskan cadangan energi yang ada. Meskipun begitu, para penghobi kecepatan atau pengkoleksi mobil mewah tentunya tak sungkan mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan bakar mobil kesayangannya.

Dikutip dari The Richest, Sabtu (3/5/2014) berikut adalah daftar mobil mewah yang memiliki konsumsi BBM paling boros:

1. Bentley Continental GT Speed Convertible - 6,38 km/liter

1. Bentley Continental GT Speed Convertible - 6,38 km/liter

Bentley Continental pada varian ini mengusung mesin W12 twin berkapasitas 6,0 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8, percepatan di dalam kapnya mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 616 horse power (HP). Dengan mesin berkapasitas besar membuat Continental GT mampu melesat dari 0-100 km per jam.

Selain mengonsumsi BBM yang cukup besar, Bentley Continental ini juga dilengkapi tambahan Glacier berwarna putih dibanderol dengan harga US$ 245 ribu atau sekitar Rp 2,82 miliar (Kurs Rp 11.545 per US$).

2. Maserati GranTurismo Convertible - 6,25km/liter

2. Maserati GranTurismo Convertible - 6,25km/liter

Maserati memiliki sejarah panjang dari sebuah mobil mewah atau sport. Pabrikan asal Italia ini kembali membuat sejarah baru dengan merilis GranTurismo Convertible, yang merupakan convertible empat-seater pertama dalam sejarahnya.

Dengan desain yang ramping dan agresif, dan front end rendah, GranTurismo dirancang untuk menaklukkan jalan raya. Mobil yang dibanderol seharga US$ 143 ribu atau sekitar Rp 1,6 miliar ini mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 5,2 detik dan berhenti dari 100-0 km/jam hanya membutuhkan jarak 35 meter.

3. Mercedes Benz C63 AMG Coupe - 6,23 km/liter

3. Mercedes Benz C63 AMG Coupe - 6,23 km/liter

Mercedes membekali C63 AMG dengan mesin baru v8 berkapasitas 6,3 liter yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 507 HP. Berkat teknologi transmisi 7 percepatan, C63 mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,1 detik dan memiliki kecepatan maksimum mencapai 280 km/jam.

Untuk dapat merasakan sensasi kecepatan mobil yang dibandrol mulai dari US$ 72 ribu atau sekitar Rp 831 jutaan ini secara maksimal, Mercedes menyediakan AMG Driving Academy. C63 AMG Coupe juga dilengkapi pengereman dan ventilasi panas desain baru, sementara itu interiornya memakai kulit mewah dari Designo berwarna coklat suede mewah.

4. Chevrolet Camaro Z/28 - 5,95 km/liter

4. Chevrolet Camaro Z/28 - 5,95 km/liter

Mobil berotot dari negeri Paman Sam ini tetap setia dengan desain yang ringan dan kuat. Camaro dibekali mesin v8 6,2 liter sehingga sanggup berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,2 detik. Untuk semakin meningkatkan kontrol dalam mengemudi, Camaro mengusung rem keramik karbon yang dikawinkan dengan kaliper Brembo.

5. Mercedes Benz CL65 AMG - 5,9 km/liter

5. Mercedes Benz CL65 AMG - 5,9 km/liter

CL63 AMG merupakan sebuah perpaduan sempurna antara kemewahan dan kekuatan. Mobil dua pintu ini mengusung mesin V12 bi-turbo 6liter yang menghasilkan tenaga puncak hingga 621 HP. Untuk mengimbangi tenaganya yang besar, Mercedes Benz membekali CL63 AMG dengan transmisi dual shift sehingga memiliki kecepatan maksimal hingga 341 km/jam.

Mobil asal kota Stuttgart ini memiliki interior yang luar biasa dengan jok kulit mewah serta sistem audio Harman Kardon LOGIC7A. Sementara itu mobil yang dibanderol seharga $ 198 ribu atau sekitar RP1,99 miliar ini juga telah memakai Bi-Xenon headlights untuk penerangan jalan. (Ysp/Igw)

Psikolog: Kasus Pelecehan Seksual pada Anak Bisa Terus Terjadi

Posted: 02 May 2014 09:00 PM PDT

Berkaca dari kasus yang menimpah bocah AK (6), murid TK Jakarta International School (JIS) yang diduga menjadi korban pelecehan seksual, membuat Psikolog Tika Bisono percaya bahwa kasus serupa masih akan terjadi.

"Saya yakin dan berani taruhan, kalau kasus ini akan membuka kasus-kasus lainnya yang serupa. Karena di Depok, kembali terulang perkosaan yang menimpah anak sekolah perempuan, yang diperkosa ramai-ramai oleh temannya," kata Tika Bisono dalam acara `Dompet Dhuafa dan GNOTA: Move On untuk Pendidikan Anak Indonesia` di Blok M Plaza, Jakarta, Jumat (2/5/2014)

Bahkan, lanjut Tika, kasus yang berulang seperti ini, telah mematikan saraf keibaannya. "Kalau tidak seperti itu, bisa nangis terus saya," kata Tika menambahkan.

Ia mengatakan, dengan adanya kasus ini, membuktikan bahwa masalah kenyamanan anak dalam menikmati pendidikan tidak hanya dirasakan oleh kaum marginal saja, melainkan juga kaum menengah atas.

"Itu artinya, dengan menitipkan anak di sekolah bertaraf internasional, belum menjamin kejahatan tersebut hilang," kata Tika.

Maka itu, bagi orangtua yang memasukan buah hatinya ke sekolah mahal dan bertaraf Internasional, jangan langsung mempercayai begitu saja, kalau anak bakal aman.

"Kejelekan orang kita, kalau memasukan anak ke sekolah Internasional, menganggap dia sudah di tangan yang tepat. Orangtua tidak tahu, apa yang ada di dalam," kata Tika menekankan.

Sunny Leone dan Ellie Avram Bintangi Sekuel No Entry?

Posted: 02 May 2014 09:00 PM PDT

Rumor tentang sekuel film No Entry yang berjudul No Entry Main Entry terus berkembang. Setelah sebelumnya Fardeen Khan dikabarkan akan kembali membintangi film tersebut, kini giliran mantan bintang porno Sunny Leone dan artis kelahiran Swedia Elli Avram yang dikabarkan akan membintangi film tersebut.

Namun ketika dikonfirmasi kepada sang sutradara, Anees Bazmee, ia tak mau mengungkapkan lebih rinci soal kabar Sunny Leone dan Ellie Avram akan bermain di sekuel New Entry.

"Kami sedang melakukan casting untuk artis lain. Kami akan dapatkan nama-nama pada bulan depan. Aku ingin beberapa aktor ternama dan beberapa wajah baru. Untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk semua aktor akan sangat sulit," kata Anees, seperti dikutip Indiatoday.

Film ini dijadwalkan akan melakukan syuting pada Juni 2014, namun sepertinya akan mundur sampai Januari 2015. No Entry Main Entry merupakan sekuel dari film No Entry yang dirilis pada 2005. Film No Entry dibintangi aktor-aktor ternama Bollywood seperti Anil Kapoor, Salman Khan, Fardeen Khan, Bipasha Bashu, Lara Dutta, Esha Doel dan Celina Jaitley.

Untuk persiapan film ini, Fardeen Khan sampai harus menurunkan berat badan sebanyak 14 kg. Maklum, sejak 2010, Fardeen memang vakum dari dunia film. Ia pun mengaku sudah tak nyaman dengan bentuk tubuhnya yang semakin melebar.

Keterlambatan Malaysia Deteksi MH370 Diselidiki

Posted: 02 May 2014 08:57 PM PDT

Pencarian pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 terus diupayakan sejumlah pihak. Panel Investigasi Independen Internasional saat ini tengah menyelidiki ke mana pergerakan Boeing 77-200ER tersebut dari awal lepas landas hingga dinyatakan hilang.

Dalam laporan hasil investigasi terbaru, Malaysia diketahui terlambat 4 jam dalam mendeteksi keberadaan MH370, sehingga pencarian pun telah dilakukan.

Pesawat hilang dari radar pada 8 Maret 2014, sekitar pukul 01.21 dini hari. Namun pencarian baru dilakukan sekitar pukul 05.30 karena terlambat melacak burung besi bermuatan 239 orang tersebut.

Panel internasional itu juga menyebut kasus hilangnya pesawat MH370 sama seperti dengan raibnya pesawat Air France 447 pada 2009 silam. Mungkin butuh waktu lama untuk menguak misteri keberadaan MH370.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Transportasi Hishammuddin Hussein mengatakan pihaknya terbuka untuk menerima saran dan rekomendasi dari panel investigasi, termasuk yang terkait keterlambatan pendeteksian MH370.

"Biarkan badan investigasi independen mempelajari kasus ini. Tapi kasus hilangnya MH370 dan Air France 447 adalah 2 hal yang berbeda," ujar Hishammuddin, seperti dimuat New Straits Times, Sabtu (3/5/2014). Dia mengatakan, pencarian Air France 447 baru dilakukan setelah 6 jam pesawat hilang.

"Seperti yang diutarakan Perdana Menteri (Najib Razak), ada beberapa hal yang berhasil Malaysia lakukan dalam pencarian ini. Beberapa hal lain juga kami lakukan dengan baik," imbuh Hishammuddin.

Pesawat MH370 hilang sejak Sabtu 8 Maret. Pencarian terakhir dengan mengerahkan drone penyelam Bluefin-21 belum membuahkan hasil. Pemimpin tim pencarian dari Australia Angus Houston mengatakan butuh waktu setahun untuk menemukan pesawat yang hilang tersebut.

Setelah hampir 2 bulan pesawat belum ditemukan, keluarga memutuskan untuk menggelar upacara pemakaman pertama tanpa jenazah di Brisbane, Australia, pada Minggu 4 Mei besok. (Sss)

Jokowi Temui Buya Syafii Maarif Ditemani 2 Elite PKB

Posted: 02 May 2014 08:46 PM PDT

Mengawali kunjungannya ke sejumlah tokoh muslim dan pesantren di Yogyakarta dan Jawa Timur, capres dari PDIP Joko Widodo berkunjung ke rumah mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif di kawasan Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di kediaman Buya Syafii Maarif sekitar pukul 09.40 WIB. Dengan didampingi oleh Wasekjen PDIP Hasto Krisdiyanto, Ketua DPP PDIP Idham Samawi dan politisi Partai Nasdem Effendy Choirie atau Gus Choi.

Selain tokoh tersebut, tampak Ketua DPP PKB Marwan Jafar dan Wasekjen DPP PKB Fathan Subchi di antara rombongan Jokowi yang menemui Buya Syafii di rumahnya. Padahal, PKB belum menentukan ke mana arah koalisi untuk menghadapi Pilpres 9 Juli 2014.

Jokowi dan rombongan pun turun dari mobilnya dan sempat berjalan sekitar 50 meter menyusuri gang untuk menuju ke rumah Buya Syafii. Tiba di depan pintu rumah, Jokowi langsung disambut oleh Syafii dan salah seorang tokoh Muhammadiyah Abdul Munir Mulkhan di ruang tamu.

Dalam kesempatan itu, Syafii yang dianggap oleh Jokowi sebagai salah satu tokoh bangsa itu tampak saling berbincang akrab. Maklum saja, Syafii Maarif dan Jokowi bukan sosok yang baru berkenalan.

"Saya dan Pak Jokowi ini sudah kira-kira 5 kali bertemulah, sejak jadi Walikota Solo dulu," kata Syafii.

Suasana perbincangan pun tampak akrab. Sesekali Syafii tampak menepuk paha dan pundak Jokowi. Lemparan guyon pun tampak beberapa kali dilempar oleh Gus Choi.

"Kalau Nasdem ini kan asshabiqunal awwalun (istilah yang digunakan sebagai kelompok atau partai pendukung paling awal), setelah ini PKB yang merapat ke Pak Jokowi, Buya," ucap Gus Choi yang merupakan mantan politisi PKB.

Syafii pun tampak beberapa kali memuji Jokowi sebagai sosok yang sederhana, bebas pencitraan, dan selalu tampil apa adanya. "Seperti ini yang memang dibutuhkan negara, dia tampil apa adanya, sepatunya murah, biasa saja, selalu tampil sederhana," tandas Syafii. (Sss)

Market Review: Aksi Jual Investor Asing Bikin IHSG Merah

Posted: 02 May 2014 08:40 PM PDT

Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung melemah selama sepekan. Bahkan rilis data ekonomi Indonesia yang mencatatkan deflasi 0,02% pada April 2014 tidak mampu membuat IHSG menghijau.

Pada Jumat pekan ini, IHSG ditutup melemah tipis 1,38 poin ke level 4.838. IHSG telah melemah 1,2% selama sepekan. Aksi jual investor asing dan rupiah melemah memberikan tekanan untuk IHSG.

Sentimen itu telah menekan sejumlah sektor saham di pasar modal. Namun sisi lain pelemahan rupiah telah mendorong kenaikan sektor saham perkebunan.

Lantas sektor saham apa saja yang menekan IHSG? Saham-saham apa saja yang mendominasi gerak IHSG pada pekan ini? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Analis PT OSO Securities Andri Goklas:

Alice Norin: Belanja Online Lebih Praktis

Posted: 02 May 2014 08:30 PM PDT

Sebagian artis suka bepergian keluar negeri hanya untuk membeli suatu barang yang mereka inginkan. Menurut Alice Norin, hal itu justru dianggap menghambur-hamburkan uang. Untuk mendapat yang ia inginkan, mantan istri DJ Riri itu lebih senang berbelanja online ketimbang datang langsung ke sebuah toko.

"Mencari barang yang aku ingini sampai harus kemana-mana, nggak ya. Ada online, apa saja bisa beli. Lebih praktis, kita nggak perlu kemana-mana, bisa beli dari rumah," kata Alice Norin saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (2/5/2014). 

Kerena hal itulah, kini Alice bersama suaminya, Alvin Yudhapatria mencoba terjun ke dunia bisnis online shop yang dianggapnya menjanjikan. Wanita kelahiran 21 Juni 1987 itu mencoba menjual pakaian, sepatu serta aksesoris yang diberi nama 8WOOD. Usaha ini sudah setahun dirintis. 

"Kebetulan aku ada usaha online. Ya itu tadi, belanja online kita nggak perlu kemana-mana, sama jualan online kita juga nggak kemana-mana. Lebih praktis, di mana saja bisa" ujarnya. 

Meski begitu, Alice belum terfikirkan untuk meninggalkan dunia keartisan yang melambungkan namanya. Bahkan, ia ingin keduanya berjalan dengan seimbang. "Alhamdulillah, semua jalan. Hobi sekalian ada income. Syuting tetap berjalan," katanya. 

Bahkan, perlahan usahanya itu dianggap sudah  bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. "Diam-diam usaha ini mulai ngejar, alhamdulillah semua bisa menunjang," tutur Alice. (fei)

Tidak ada komentar: