Kamis, 01 Mei 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Apa Perlu Matematika Diganti dengan Pelajaran Etika?

Posted: 01 May 2014 09:00 PM PDT

Sejumlah orang beranggapan tak semua bidang pekerjaan membutuhkan ilmu Matematika sehingga ilmu etika yang harusnya ditanamkan sejak anak-anak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Kalau perlu, pelajaran Matematika diganti dengan pelajaran etika.

Menanggapi itu, Psikolog Pendidikan Anak dari Lembaga Terapan Psikologi Universitas Indonesia (UI), Muhammad Rizal, Psi, menolak bila pelajaran matematika harus digantikan dengan pelajaran etika. Menurutnya, ilmu Matematika bersifat dasar yang harus dipahami semua anak.

"Memang, banyak yang mengatakan pada saya kalau anak-anak sekarang nggak punya etika. Sehingga, lebih baik pelajaran Matematika diganti sama pelajaran etika. Tapi, bukan berarti harus menghilangkan pelajaran yang bersifat dasar," kata Rizal saat dihubungi Health Liputan6.com, Jumat (2/5/2014)

Pada dasarnya, setiap anak perlu dibekali ilmu yang bersifat kognitif. Yaitu, Matematika dan Bahasa Indonesia. Kalau memang ada yang perlu diganti, ia merasa bukan Matematika yang harus digeser. "Kalau mau, PPKn saja yang diganti sama pelajaran etika. Atau, diselipkan pelajaran etika di antara ilmu-ilmu ini," kata dia menambahkan.

Ia menerangkan, perlunya pejaran Matematika di sekolah akan membuat anak berpikir logis. Percuma, bila etika si anak baik tapi tidak mampu berpikir logis. Alangkah baiknya, kalau ilmu etika diimbangin dengan ilmu Matematika.

"Pun dengan Bahasa Indonesia, yang akan membuat anak mampu menyampaikan isi pikirannya dan menyampaikan isi hatinya. Sehingga membuat mereka lebih terbuka," kata dia menjelaskan.

Selain PPKn, pelajaran Agama di sekolah juga dapat digantikan dengan pelajaran etika. Rizal mengatakan, pelajaran Agama tidaklah terlalu penting untuk diberikan di sekolah. Melainkan, harus diberikan di rumah langsung dari orangtua.

"Pelajaran Agama itu urusan keluarga, bukan urusan negeri. Di luar sana, tidak ada pelajaran Agama pun tidak terlalu masalah," kata Rizal menerangkan.

Sri Mulyani Bolak-Balik Buka Catatan di Sidang Century

Posted: 01 May 2014 08:54 PM PDT

Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Jumat (2/5/2014) ini menjadi saksi kasus persidangan Bank Century, yang mendakwa mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Budi Mulya.

Meskipun mampu menjawab dengan suara lantang, Sri Mulyani terlihat tak siap dengan jawaban yang dia berikan.

Beberapa kali ia membolak-balik catatan saat menjawab beberapa pertanyaan dari Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus PT Bank Century Tbk yang diduga merugikan negara sebesar Rp 689, 39 miliar.

Wanita yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia ini dihadirkan sebagai saksi pada sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan berkaitan dengan kasus Bank Century.

Saat ditanya oleh Jaksa, Sri Mulyani sering tak langsung menjawab. Ia beberapa kali terlihat membolak-balik catatannya. beberapa kali ia juga terlihat menukar catatan yang dipegangnya dengan catatan lain yang ada di kursi samping kirinya.

Karena terlalu lama membolak-balik catatannya, Hakim Sidang justru menegur Jaksa. "Pak Jaksa kalau sudah tahu jawabannya tolong dibacakan saja, biar Ibu Sri Mulyani nanti tinggal menjawab benar atau salah," tutur Hakim.

Tetapi meskipun sudah dipandu oleh Jaksa, wanita yang hadir menggunakan baju batikberwarna coklat dengan corak hitam itu masih seringkali lama memberikan jawaban. "Saya tak ingat, kalau boleh saya buka catatan saya," kata Sri Mulyani. (Gdn/Nrm)

Dian Sastro Berharap Semua Anak Punya Akses Pendidikan

Posted: 01 May 2014 08:52 PM PDT

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas ) yang jatuh pada hari ini Jumat (2/5/2014) diperingati setiap tahun oleh masyarakat Indonesia. Hardiknas merupakan hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, ia adalah tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan taman siswa.

Hardiknas tahun ini memilih tema 'Pendidikan untuk peradaban Indonesia yang unggul'.  Banyak masyarakat yang memperingati Hardiknas di berbagai wilayah, kebanyakan dari mereka adalah siswa dan guru dari sekolah-sekolah di Indonesia yang memperingatinya dengan melakukan upacara bendera.

Peringatan Hardiknas ini diperingati juga oleh para onliner seperti presiden, politikus dan para selebriti Indonesia. Mereka berharap anak Indonesia sebagai penerus bangsa bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan bermutu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam akunnya @SBYudhoyono turut memberikan ucapan, "Selamat Hari Pendidikan Nasional utk pengajar yang berdedikasi dlm pendidikan & anak-anakku yg semangat belajar & harumkan nama bangsa *SBY*".

"Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semua anak harus bs sekolah tanpa kendala biaya. Pendidikan di Indonesia harus gratis dari SD sampai SMA", tulis politikus Aburizal Bakrie ‏dalam akunnya @aburizalbakrie.

Artis Dian Sastrowardoyo ‏dalam akunnya @therealDiSastr berkicau, "Selamat Hari Pendidikan Nasional. I wish all Indonesian children get the access to basic education".

Anggota DPR Hidayat Nur Wahid dalam akunnya ‏@hnurwahid menuliskan, "Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei, momentum seriuskan komitmen pendidikan sbg suluh penerang masa depan bangsa, wujudkan cita2 mrk. Selamat".

Tulis Anastasya Putri News Anchor Liputan6 dalam akunnya @me_putri, "Selamat hari pendidikan nasional..salut untuk para guru yg mengajar di wilayah terpencil".

Hardiknas tidak hanya diperingati sebagai momentum kelahiran Ki Hadjar Dewantara, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk makin memperkokoh kesadaran dan komitmen bangsa akan pentingnya pendidikan bermutu bagi masa depan bangsa Indonesia.

Penulis:

Yulia Yulee

Baca Juga:

Blogger Berbagi Ilmu Jadi Ibu Pintar di Bloom & Grow Asia 

Selamat Hari Buruh Jadi Trending Topic Indonesia

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com 

 

Ratusan Bus Buruh Macetkan Jalan Sudirman

Posted: 01 May 2014 08:49 PM PDT

Kemacetan terjadi di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (1/5/14). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Stok Menipis, Harga Tomat Naik 40%

Posted: 01 May 2014 08:46 PM PDT

Harga tomat mengalami kenaikan yang cukup tinggi di pasar tradisional karena terjadi penipisan stok. Kenaikan harga tomat mencapai 40%.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, para pedagang mengaku terpaksa menaikkan harga tomat pada hari ini. Langkah tersebut mereka ambil karena dipicu sedikitnya pasokan dari Pasar Induk Kramat Jati.

Lina (28), pedagang Pasar Kebayoran Lama, mengatakan pagi ini harga tomat naik Rp 2 ribu menjadi Rp 7 ribu. Sebelumnya, ia menjual dengan harga Rp 5 ribu. "Ya gitu di pasar, kalau bilang kosong harga dinaikin semua," kata dia, Jakarta (2/5/2014).

Hal senada juga diungkapkan oleh Supriyatun (31), kenaikan tomat sebesar Rp 2 ribu dinilai terlalu tinggi karena hampir mencapai 50%, tetapi ia terpaksa melakukannya karena memang terjadi penipisan stok.

Ia menambahkan, selain tomat harga beberapa sayur lain pun juga ikut naik pada hari ini. "Terong hari ini naik. Kemarin cuma Rp 5 ribu, sekarang Rp 7 ribu. Pare juga sama aja. Pare naik dari Rp 5 ribu jadi Rp 7 ribu," tukas dia.

Berikut sejumlah harga sayuran dari pantauan Liputan6.com:

  • Cabai merah rawit Rp 18 ribu per kg
  • Cabai merah keriting Rp 10 ribu per kg
  • Cabai hijau rawit Rp 16 ribu per kg
  • Sawi hijau Rp 6.000 per kg
  • Tomat Rp 7.000 per kg
  • Wortel Rp 5.000 per kg
  • Timun Rp 4.000 per kg
  • Kol Rp 6.000 per kg
  • Terong Rp 7.000 per kg
  • Bawang merah Rp 18 ribu per kg
  • Bawang putih Rp 12 ribu per kg
  • Kentang Rp 9.000 per kg
  • Buncis Rp 6.000 per kg
  • Kacang panjang Rp 6.000 per kg
  • Pare Rp 7.000 per kg
  • Jengkol Rp 34 ribu per kg
  • Brokoli Rp 18 ribu per kg

Prihatin Saat Ulangtahun, Awan D Academy Tetap Bersyukur

Posted: 01 May 2014 08:45 PM PDT

Jumat ini (2/5/2014) merupakan hari yang spesial bagi Rumawan Siregar. Cowok ganteng yang biasa dikenal dengan sapaan Awan D'Academy merayakan ulangtahunnya yang ke 29.
 
Bagi sebagian orang, ulangtahun merupakan hari yang istimewa sehingga butuh perayaan khusus untuk memperingatinya. Namun tidak untuk Awan. Kontestan asal Kota Medan yang telah tersenggol ini justru tengah prihatin di hari ulangtahunnya.
 
"Aku sedih pas ulangtahun begini tidak punya uang. Makanya tidak bisa belikan teman-teman kue dan sebagainya. Di ulangtahun ini prihatin dulu, kita masih berjuang mendapat hidup yang lebih baik," tutur Awan pagi ini di Asrama D'Academy.
 
Namun keprihatinan Awan ini tidak serta merta membuatnya sedih dan berkecil hati. Ternyata selain menjadi hari ulangtahunnya, Awan pun memiliki kenangan khusus dengan tanggal 2 Mei satu tahun silam.
 
"Aku senang sekali bang. Tepat 2 Mei tahun lalu pas aku ulangtahun, aku resmi menyatakan cinta kepada istriku. Dan kita resmi berpacaran sebelum akhirnya 2 bulan kemudian aku nikahkan dia," kenang pria kelahiran Langkat, Sumatera Utara.
 
"Meskipun prihatin begini, aku tetap bersyukur karena banyak yang mendoakan. Istri juga tidak lupa beri ucapan dan doa lewat telepon, senang sekali hati awak iki," ungkap Awan dengan logat khasnya.

Kerja 15 Bulan, CEO Yahoo Kantongi Rp 2,4 Triliun

Posted: 01 May 2014 08:44 PM PDT

Menurut analisis perusahaan data kompensasi Equilar, CEO Yahoo Marissa Mayer diperkirakan menerima kompensasi sebesar US$ 214 juta pada akhir tahun 2013. Gaji Mayer sebagian besar diberikan dalam bentuk saham dan opsi hibah

Nasib baik Mayer berasal dari saham Yahoo di perusahaan raksasa internet China, Alibaba. Mashable melansir, antusiasme dan hype atas kemungkinan Alibaba melakukan Initial Public Offering (IPO) mendorong saham Yahoo melonjak. Walhasil Mayer pun ikut kecipratan rejeki.

Saat Mayer bergabung dengan Yahoo pada Juli 2012 lalu, ia menerima paket gaji sebesar US$ 35 juta dalam bentuk stok saham terbatas, ditambah US$ 21 juta dalam bentuk opsi sehingga totalnya mencapai US$ 56 juta Harga saham perusahaan meningkat 140% sejak dipimpin Mayer.

Dan pada akhir 2013 Equilar memperkirakan paket $ 56 juta itu sudah bernilai US$ 186 juta. Selain itu, Mayer juga menerima saham terbatas pada akhir 2013 sebesar $ 23,7 juta, serta $ 4,3 juta secara tunai sehingga total kompensasi yang dikantonginya mencapai $ 214 juta (sekitar Rp 2,4 triliun).

Mayer bukanlah satu-satunya mantan karyawan Google yang mendapatkan 'keuntungan' dari Yahoo. Henrique de Castro, yang mantan chief Google, mendapat US$ 109 juta setelah 15 bulan bertugas sebagai chief operating officer Yahoo. Namun ia kini telah dipecat oleh Mayer.

Sejak bergabung di Yahoo, Mayer memang telah membuat berbagai inovasi antara lain fokus pada produk-produk Yahoo, merombak situs Yahoo.com agar lebih Googlish, hingga berencana memangkas sekitar 80 persen aplikasi mobile Yahoo.

Mayer ingin Yahoo hadir di semua perangkat, baik di tablet, smartphone, dan PC yang digunakan seluruh pengakses internet. Dia juga yang mempelopori terjadinya akuisisi Tumblr.

Ahli komputer lulusan Universitas Stanford ini memulai karirnya di raksasa mesin pencari Google. Di Google, Marissa Mayer tercatat sebagai insinyur perempuan pertama dan karyawan nomor 20. Selama 13 tahun di Google, dia pun meraih posisi puncak sebagai Vice President of Local, Maps, and Location Services.

Mayer berperan besar dalam pengembangan sejumlah produk di Google, seperti Search, Images, News, Maps, Books, juga Gmail. Atas perannya itulah Marissa Mayer ditarik Yahoo untuk menjadi CEO.

Punguti Sampah di Bandara Soetta, Dahlan Iskan: 90% Puntung Rokok

Posted: 01 May 2014 08:37 PM PDT

Menteri BUMN Dahlan Iskan berolahraga di gedung Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat (2/5/2014). Usai senam, Dahlan memunguti sampah di Terminal 3 Bandara Soetta, dari tempat parkir sampai ke dalam.

"Sampah paling banyak ini putung rokok. 80-90 persen lah," kata Dahlan sembari lihat ke lantai.

Dia menyesalkan banyak pengunjung Bandara Soetta, maupun para pegawainya, yang asik merokok dan membuang puntungnya sembarangan.

Meski demikian, Dahlan mengaku keadaan saat ini sudah jauh lebih baik. "Ini bukti kalau kita mau konsisten pasti ada perbaikan. Kalau saja 2 tahun konsisten terus seperti ini, saya yakin akan lebih baik lagi," ujarnya.

Dahlan mengungkapkan, kebersihan bandara internasional terbesar se-Indonesia itu bukanlah tanggung jawab petugas kebersihan semata. "Tapi tanggung jawab semua. Bagian keuangan, operasional, teknik, dan pengguna jasa bandara harus bersama-sama jaga kebersihan," ungkap Dahlan.

Ia juga sempat menilai desain Terminal 1 yang dinilainya kurang baik. "Terminal 1, seperti desainnya diubah, catnya di perbaharui," katanya sembari melihat-lihat ke langit-langit.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, program Jumat bersih memang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta setiap bulan.

"Kalau di bandara lain yang ada dalam penanganan kami seminggu sekali, kalau di sini sebulan sekali," terang Tri.

Program bersih-bersih ini sengaja selalu dilakukan awal bulan, alasannya karena para pegawai baru saja menerima gaji. "Jadi biar sadar, habis terima gaji mereka harus bersyukur. Ini ide dari Direktur SDM Hari Cahyono," pungkas Tri.

Penumpang Pesawat Lebaran Tahun Ini Diprediksi Naik 10%

Posted: 01 May 2014 08:31 PM PDT

Momen perayaan Lebaran 2014 masih 2 bulan lagi. Namun banyak warga sudah jauh-jauh hari memesan tiket transportasi untuk bersua dengan sanak saudara, salah satunya memakai pesawat terbang.

Seperti momen lebaran sebelumnya, pengguna pesawat terbang melonjak. Tahun ini, kenaikan penumpang udara saat Lebaran diprediksi sebesar 10%.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Murjatmodjo mengatakan untuk menghadapi lonjakan tersebut pihaknya akan menambah jumlah penerbangan.

"Kalau diperkirakan ada penambahan sebanyak 10%," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah penumpang untuk angkutan pesawat udara saat Lebaran di tahun 2013 meningkat 4,03 juta penumpang atau sebanyak 20,1% dari 2012 yang hanya 3,36 juta.

Artinya, dengan prediksi sebesar 10% maka, jumlah penumpang angkutan udara tahun ini bisa mencapai 4,43 juta.

Namun, Djoko mengaku saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa tambahan jumlah penerbangan pada momen Lebaran tahun ini. "Tapi kalau ditambah ya pasti ditambah," tandas dia. (Amd/Nrm)

Jennifer Lawrence Dinobatkan Sebagai Wanita Terseksi di Dunia

Posted: 01 May 2014 08:30 PM PDT

Melalui jajak pendapat ribuan pembaca tahunan majalah pria Inggirs, FHM, Jennifer Lawrence terpilih sebagai satu dari 100 wanita terseksi di dunia. Artis pemenang Oscar ini mengambil alih posisi yang dipegang Mila Kunis, pemenang tahun lalu.

Dan kini, Mila Kunis berada di posisi keenam. Sementara, Michelle Keegan nyaris mengalahkan Jennifer Lawrence, dan akhirnya berada di posisi kedua. Keegan pun menyambut penghargaan ini dengan senang hati.

"Aku benar-benar dibawa kembali oleh ini (penghargaa), itu berarti banyak. Terima kasih banyak untuk para pembaca FHM dan semua orang yang mengambil waktu dan memilih saya, saya sangat tersanjung," ungkap Jennifer yang dilansir Contactmusic, Jumat (2/5/2014).

"Saya percaya bahwa menjadi `seksi` tidak mengenakan banyak make-up berat atau memiliki rambut yang sempurna. Ini tentang kepercayaan diri, menjadi nyaman dengan diri sendiri, tersenyum dan merasa bahagia," tambah pemain film The Hunger Games.

Sementara itu, penyanyi seksi Rihanna berada di posisi ketiga. Model Amerika dan Inggris Emily Ratajkowski, yang menjadi perhatian dunia setelah tampil bugil di Robih Thicke di video Blurred Lines menduduki peringkat empat.

Berikut ini 10 wanita yang masuk dalam 100 wanita terseksi di dunia versi majalah FHM:
1  . Jennifer Lawrence
2  . Michelle Keegan
3  . Rihanna
4  . Emily Ratajkowski
5  . Kaley Cuoco
6  . Mila Kunis
7  . Beyoncé
8  . Lucy Mecklenburgh
9  . Nicole Scherzinger
10. Scarlett Johansson

Tidak ada komentar: