Rabu, 21 Mei 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dahlan Sebut Utang Luar Negeri BUMN Rendah

Posted: 21 May 2014 08:40 PM PDT

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku utang luar negeri perusahaan-perusahaan yang berada di bawah kewenangan mereka tak terlalu tinggi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mencontohkan, kedua perusahaan energi terbesar di Indonesia, PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) yang dikenal memiliki utang luar negeri cukup besar namun jika dibanding dengan total utang luar negeri Indonesia sebenarnya sangat rendah.

"Setelah kami hitung, berapa pinjaman luar negeri Pertamina dan PLN dalam valuta asing (valas), ternyata cuma 7%," kata Dahlan saat ditemui di kantor pusat Pertamina, Kamis (22/5/2014).

Dahlan mengaku utang luar negeri yang dilakukan kedua perusahaan BUMN energi tersebut menjadi hal yang pantas dilakukan mengingat kebutuhan bahan bakar dan listrik di Indonesia terus meningkat.

Belum terlalu membahayakannya utang perusahaan-perusahaan pemerintah ini, Dahlan mengusulkan kepada stakeholder untuk lebih memberikan kebijakan terkait pengendalian utang luar negeri oleh swasta.

"Konsekuensinya tinggi sekali (utang luar negeri), karena kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) tidak bisa ditunda. Jadi sebaiknya ada pengendalian utang swasta saja," jelas mantan Direktur Utama PLN itu.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia terus mengalami peningkatan. Utang Luar Negeri pada Maret 2014 tercatat sebesar US$ 276,5 miliar atau senilai Rp 3.138,55 Triliun (estimasi kurs Rp 11.351 per dolar AS), tumbuh 8,7% dibandingkan dengan posisi Maret 2013.

Dalam laman BI, posisi ULN pada Maret 2014 terdiri dari ULN sektor publik atau utang yang dilakukan oleh pemerintah dan Bank Indonesia sebesar US$ 130,5 miliar dan ULN sektor swasta US$ 146,0 miliar.

Peningkatan pertumbuhan ULN pada Maret 2014 ini lebih didorong oleh peningkatan posisi ULN sektor swasta. Posisi ULN sektor swasta tumbuh 12,2% (year on year/yoy). Sementara itu, ULN pemerintah dan BI hanya tumbuh sebesar 5,1% (yoy). (Yas/Gdn)

Atari, Mantan Raja Game Rambah Bisnis Smartwatch

Posted: 21 May 2014 08:39 PM PDT

Jika saat ini industri konsol game didominasi oleh Sony dan Microsoft, maka di era 80 dan 90-an ranah bisnis itu dikuasai oleh Nintendo dan Atari.

Berbeda dengan Nintendo yang hingga kini masih kelihatan 'batang hidungnya', Atari, perusahaan yang kini berbasis di Paris - Perancis itu justru sekan kehilangan taringnya sejak memasuki era 2000-an. Tak ada satu pun produk besutan Atari yang menjadi hype di pasaran. 

Namun di tahun 2014, gairah bisnis Atari dilaporkan diam-diam mulai kembali menggeliat. Pada sebuah kesempatan wawancara khusus dengan situ GamesBeat, CEO Atari Frederic Chesnais mengatakan bahwa perusahaannya akan segera kembali bersaing di industri hardware game global.

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa hardware yang dimaksud bukanlah sebuh produk konsol game, melainkan jam tangan pintar yang dikhususkan untuk bermain game.

"Kami sedang mempersiapkan sesuatu yang bukan sekedar software, melainkan hardware. Tapi saya juga tidak membicarakan tentang sebuah konsol game baru, tapi lebih pada sebuah jam tangan untuk bermain game," ungkap Chesnais seperti yang dilansir laman Gamespot, Kamis (22/5/2014).

Namun sayang, sang CEO tidak memberikan pemaparan lebih lanjut terkait konsep jam tangan pintar khusus game yang tengah dikerjakan oleh perusahaannya itu.

Bila kita melihat ke belakang, sejarah Atari sebagai sebuah perusahaan memang bisa dikatakan cukup pelik. Setelah sukses di periode 1972-1984, Atari mengganti nama perusahaan menjadi Atari Games.

Namun penggantian nama itu justru menjadi seperti penanda awal kemerosotan performa Atari. Hingga pada akhirnya di tahun 1998 mereka dibeli dan menjadi bagian dari Hasbro Interactive.

Itu pun hanya berlangsung selama kurang dari 3 tahun. Di awal 2001 Hasbro Interactive juga mengalami performa perusahaan yang buruk dan akhirnya diakusisi oleh perusahaan software asal Prancis, Infogrames. Nama Atari Games pun kembali diubah menjadi Atari SA hingga saat ini.

Tim Uber Indonesia Sudah Terka Strategi India

Posted: 21 May 2014 08:37 PM PDT

Tim Uber Indonesia berhasil merebut tiket ke babak perempat final. Meski kalah dari Korea Selatan, Kamis (21/5/2014) kemarin, Indonesia tetap lolos karena menyandang status sebagai runner up di grup C.

Di babak perempat final, Indonesia akan bertemu dengan India. Menurut informasi yang didapat, India akan menerapkan formasi tunggal-tunggal-ganda-tunggal-ganda dan hal tersebut sudah diamati oleh pelatih tim Uber Indonesia.

"Susunan tersebut sudah kami antisipasi. Kalau berdasarkan informasi dari pelatih tunggal, head to head pemain kita tidak kalah kok, kami tetap optimis," ujar Eng Hian, pelatih ganda putri tim Uber.

"Soal ganda putri, saya yakin dengan kemampuan pemain saya, Greysia/Nitya. Mengenai penampilan mereka, sebenarnya sudah cukup bagus secara permainan, tapi saat melawan Korea sempat lengah. Ini sudah kami evaluasi agar jangan terulang lagi," lanjutnya.

Selain tim Uber, Indonesia juga mengirim tim Thomas ke babak perempat final. Di fase tersebut, putra-putra terbaik Indonesia akan berhadapan dengan Korea Selatan. (Van)

Mazda3 Edisi Buas Segera Menetas dengan Mesin Turbo

Posted: 21 May 2014 08:36 PM PDT

Sedan Mazda3 dilaporkan akan hadir dalam varian mesin yang lebih buas. Menurut desas-desus yang berkembang, model akan hadir dengan nama Mazda3 MPS atau Mazdaspeed3.

Dilansir dari Worldcarfans, yang ditulis Kamis (22/5/2014), Mazdaspeed3 dirumorkan hadir dengan mesin SKYACTIV-G berkapasitas 2,5 liter dengan bahan bakar bensin dan turbocharged.

Soal tenaga, belum ada informasi yang tepat. Akan tetapi, Mazdaspeed3 akan memiliki mesin yang mampu menyemburkan tenaga di antara 300 PS hingga 320 PS.

Tak hanya mesin bensin, pabrikan juga mempertimbangkan untuk melepas mobil dengan mesin disel yang akan bertarung dengan Volkswagen Golf GTI, Ford Focus ST dan Honda Civi Type-R.

Di samping mesin yang lebih buas, mobil juga dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan dan sistem empat roda penggerak.

Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Korea Selatan perihal kehadiran Mazdaspeed3. Namun, mobil itu diharapkan akan menyapa pasar dalam dua tahun ke depan.

Di samping menggarap versi buas dari Mazda3, pabrikan asal Jepang itu juga tengah menggarap model Mazda2 generasi teranyar.

Berdasarkan dari sejumlah foto yang terkuak, Mazda2 generasi terbaru hadir dengan mengadopsi Hazumi Concept, yang tertuang pada konsep Kodo pada Mazda6, Mazda3 dan CX-5.

Namun, aksen karbon fiber, yang menjadi ciri khas dari Mazda Hazumi Concept di sektor desain akan mengalami penyesuaian untuk menjaga harga dari Mazda2 generasi terbaru tetap kompetitif.

Menyoal ruang pacu, pabrikan otomotif asal Jepang diharapkan akan membenamkan mesin SKYACTIV. Diperkirakan, Mazda2 generasi terbaru memboyong mesin disel SKYACTIV-D berkapasitas 1,5 liter. (Gst/Ahm)

Ke RSPAD, JK Numpang Mobil Jokowi

Posted: 21 May 2014 08:35 PM PDT

Kamis (22/5/14), Jokowi-JK berangkat bersama menuju RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

12 Saksi Diperiksa KPK untuk Sutan Bathoegana

Posted: 21 May 2014 08:32 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa 12 orang sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi penerimaan hadiah atau gratifikasi pembahasan anggaran APBNP tahun 2013 di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menyeret Ketua Komisi VII DPR RI, Sutan Bhatoegana.

Salah satunya adalah mantan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Waryono Karno yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Yang bersangkutan (Waryono Karno) dipanggil sebagai saksi untuk tersangka SB (Sutan Bathoegana),” ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, Jakarta, Kamis (22/5/2014).

Saksi lain yang akan diperiksa untuk melengkapi berkas pemeriksaan Sutan Bhatoegana adalah Kabag Kerjasama Biro Perencanaan Sekjen Kementerian ESDM Athena, Kasubbag TU Sekjen ESDM Asep Permana, Mantan Kabiro Keuangan Sekjen ESDM Didi Dwi Sutrisnohadi, dan Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Kementerian ESDM Ego Syahrial.

Sementara itu dari lembaga SKK Migas, saksi lain yang akan diperiksa adalah Tenaga Ahli Bidang Pengendalian Operasi SKK Migas Gerhard Marten Rumeser, Tenaga Ahli SKK Migas Hardiono, Sekretaris VPMR/Mantan Bagian Sekretaris Kepala SKK Migas Hermawan, Sekretaris Divisi SDM SKK Migas Tri Kusuma Lydia, Pegawai SKK Migas Elisabet Erika, Staf Asiparis SKK Migas Abu Rohim, dan Said Abu Bakar Ali selaku petugas keamanan di SKK Migas.

Pada perkara ini, KPK telah menetapkan Sutan sebagai tersangka sejak 14 Mei 2014 lalu. Ia diduga melakukan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah pembahasan anggaran APBNP tahun 2013 di Kementerian ESDM merupakan pengembangan penyidikan kasus dugaan suap di lingkungan SKK Migas.

Sutan juga telah dikenakan status cegah ke luar negeri oleh KPK selama 6 bulan ke depan.

Superhero Disney-Marvel Pamer Robot Bertubuh Tambun

Posted: 21 May 2014 08:30 PM PDT

Desain film animasi Big Hero 6 yang merupakan proyek kolaborasi Disney dan Marvel baru saja diperlihatkan. Di situ, tampak tokoh anak laki-laki dengan robot raksasa miliknya yang berukuran tambun menjadi pembuka bocoran desain film.

Dilansir dari Ace Showbiz, Rabu (21/5/2014), karakter anak laki-laki yang ada di dalam gambar adalah Hiro Hamada, sosok jenius yang memiliki keahlian di bidang robotik.

Robot yang ada di dekat Hiro itu diberi nama Baymax, salah satu hasil ciptaannya. Desain yang ada juga memperlihatkan penampilan sang robot sebelum dan sesudah diwarnai oleh Hiro.



Selain desain karakternya, sebuah teaser juga sudah ditampilkan melalui situs YouTube. Di situ, tampak bahwa teknik animasi film ini cukup halus layaknya judul-judul Disney lainnya dan sangat terjangkau untuk ditonton oleh anak-anak.

Film Big Hero 6 mengambil banyak unsur budaya Jepang ala anime dan manga dengan menampilkan unsur fiktif seperti dinosaurus raksasa yang menyerbu kota, robot raksasa, fashion anak muda, dan hal-hal imut lainnya semacam Hello Kitty. Hal tersebut diungkapkan oleh Joe Quesada selaku ketua tim kreatif Marvel.

Lokasi cerita Big Hero 6 bertempat di kota metropolitan fiksi bernama San Fransokyo (gabungan San Francisco dan Tokyo) dengan berpusat pada karakter Hiro Hamada dan Baymax.



Keduanya diharuskan mengungkap kasus kriminal dan bergabung dengan sebuah tim pembasmi kejahatan berpengalaman yang di dalamnya terdapat nama-nama seperti Wasabi No-Ginger, Honey Lemon, GoGo Tomago, dan Fred.

Big Hero 6 bakal ditayangkan dalam format animasi CG (Computer Graphics) dan diperkirakan hendak menampilkan suasana yang aman untuk anak-anak layaknya kartun Disney. Film arahan sutradara Chris Williams dan Don Hall ini akan dirilis perdana dalam bentuk 3D pada 7 November 2014 mendatang.(Rul/Mer)

Kerlap-Kerlip Gua Waitomo yang Berasal dari Cacing Bercahaya

Posted: 21 May 2014 08:30 PM PDT

Pernahkah Anda membayangkan melihat cantiknya kerlap-kerlip cahaya ketika berada di dalam gua? Umumnya cahaya kerlap-kerlip dapat Anda saksikan ketika tengah memandang hamparan langit di malam hari, namun kini cantiknya kerlap-kerlip cahaya dapat juga Anda nikmati saat berkunjung ke gua berikut ini.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Rabu (21/5/2014), Anda dapat melihat cantiknya kerlap-kerlip cahaya di gua Waitomo yang terletak tepat di luar kota Waitomo di North Island Selandia Baru.

Cahaya kerlap-kerlip yang cantik nan indah yang dapat dilihat dalam gua tersebut berasal dari cacing-cacing bercahaya yang hidup di gua dan memiliki populasi yang cukup besar.

Sementara itu, cacing bercahaya atau Arachnocampa luminosa adalah mahluk kecil, yang menghasilkan cahaya biru-hijau dan ditemukan secara eksklusif di Selandia Baru.

Gua-gua Waitomo pertama kali dieksplorasi pada tahun 1887 oleh kepala suku Maori lokal, Tane Tinorau didampingi oleh surveyor Inggris Fred Mace.

Penduduk Maori lokal mengetahui keberadaan gua-gua tersebut, tapi gua-gua bawah tanah ini tidak pernah secara luas dieksplorasi sampai Fred dan Tane pergi untuk menyelidiki. Mereka pun kemudian membangun rakit batang dan rami dan dengan lilin di tangan, menelusuri gua yang dialiri oleh sungai bawah tanah.

Ketika mereka memasuki gua, mereka kagum dengan cahaya cacing-cacing di langit-langit gua yang berkelap-kelip. Saat mereka melakukan perjalanan lebih jauh ke dalam gua mereka juga takjub oleh formasi batu kapur di dalam gua.

Gembira pada penemuan mereka, mereka kembali berkali-kali untuk menjelajahi lebih lanjut dan saat Tane kembali sendirian kesana, dia menemukan menemukan pintu masuk ke gua yang lebih mudah diakses, dan yang sekarang tetap menjadi pintu masuk gua saat ini.

Pada 1889 Tane Tinorau telah membuka gua untuk para wisatawan. Tane Tinorau dan istrinya Huti, memandu para wisatawan dengan bayaran yang murah. Pada tahun 1906 administrasi gua diambil alih oleh pemerintah.
Lebih lanjut, saat ini Tane Tinorau dan Fred Mace menerima persentase dari pendapatan gua dan terlibat dalam pengelolaan dan pengembangan gua. (Ars)

PTBA Operasikan PLTU Banjarsari Mulai September

Posted: 21 May 2014 08:25 PM PDT

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bakal mengoperasikan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Banjarsari di Lahat, Sumatera Selatan mulai September 2014.

Kehadiran pembangkit listrik dengan kapasitas 2x100 megawatt (MW) tersebut akan memperkuat kehandalan sistem kelistrikan Sumatera yang saat ini sedang mengalami krisis listrik.

"Kontrak jual beli listriknya sudah diteken tahun 2008 dan diamandemen pada tahun 2011," tutur Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Joko Pramono saat dihubungi Liputan6.com seperti ditulis Kamis (22/5/2014).

Adapun harga jual beli listrik dari PLTU Banjarsari yang disepakati antara PT PLN (Persero) dengan PTBA sebesar US$ 5,56954 sen per kilowatthour (kWh). Bukit Asam akan memasok listrik ke PLN selama 30 tahun.

Dalam pengembangan proyek tersebut, PTBA membentuk PT Bukit Pembangkit Inovatif (BPI) yang merupakan perusahaan patungan dengan komposisi kepemilikan PTBA sebesar 59,75%, PT Pembangkit Jawa-Bali sebesar 29,15%, dan PT Navigate Innovative Indonesia sebesar 11,1%.

Tak hanya dari PLTU Banjarsari, Bukit Asam sebelumnya juga telah meneken kontrak penjualan exess power atau kelebihan daya listrik sebesar 4 MW-10 MW kepada PLN.

Listrik yang berasal dari PLTU Pelabuhan Tarahan 2x8 MW itu dijual dengan tarif Rp 787,2 per kWh untuk masa 12 bulan. Penjualan itu juga dapat diperpanjang lagi untuk 12 bulan berikutnya. (Ndw/Gdn)

 

JK : Pak Jokowi Sudah Panjat Gunung dari Muda

Posted: 21 May 2014 08:24 PM PDT

Cawapres Jusuf Kalla menganggap Joko Widodo yang menjadi pasangan capresnya tidak perlu persiapan khusus untuk menghadapi pemeriksaan kesehatan yang menjadi syarat untuk maju sebagai capres-cawapres pada Pilpres 9 Juli 2014 nanti.

Menurutnya, dengan pengalaman Jokowi yang pernah bergabung dengan organisasi pencinta alam saat masih kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM), ia yakin rekannya itu mampu menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan selama sekitar 8 jam.

"Ya, beliau seperti sudah siap. Pak Jokowi itu kan dari muda sudah panjat gunung, itu juga sudah persiapan," ujar JK di kediaman Jokowi di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (22/5/2014).‎
‎‎
Mendengar ucapan cawapresnya, Jokowi pun tertawa. JK, yang terpaut usia 19 tahun dengan Jokowi itu beranggapan, gaya hidup sehat diperlukan agar kondisi tubuh fit dan terhoindar dari berbagai penyakit berbahaya.

"Hidup yang sehat itu tidak bisa instan, tidak bisa dipersiapakan sehari. 20 tahun sebelumnya sudah harus dipersiapkan," ucapnya.

Jokowi seperti diketahui memang sempat bergabung dengan organisasi mahasiswa pencinta alam (Mapala) Silvagama yang merupakan organisasi pencinta alam di Universitas Gajah Mada (UGM) tempat Jokowi menempuh pendidikan. Di organisasi itu, Jokowi mengaku bisa setiap minggu 'nanjak' bersama teman-temannya sesama pencinta alam.

"Banyak (gunung yang sudah didaki), bisa seminggu sekali, dan yang paling berkesan ya di Gunung Kerinci itu karena track-nya susah," ucap Jokowi beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar: