Jumat, 08 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO : Numpang Wifi, Pria ini Kena Aksi Salah Tangkap

Posted: 08 Nov 2019 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial, video aksi penangkapan yang dilakukan oleh polisi dan merupakan salah tangkap. Hal ini sudah dibenarkan oleh Kompol Khoiri bahwa terjadi aksi salah tangkap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Lepas 8,4 Ribu Ton Ekspor Sawit asal Kalsel

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian melepas ekspor minyak sawit dan palm kernel ekspeller sebanyak 8,4 ribu ton dengan nilai ekonomi Rp 36,3 miliar.

Rinciannya, minyak sawit diekspor sebanyak 4,2 ribu ton atau senilai Rp 29,6 miliar sementara palm kernel ekspeller (PKE) diekspor sebanyak 2,6 ribu ton atau senilai Rp 4,1 miliar.

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil menyatakan, potensi ekspor asal Kalimantan Selatan ini akan terus digenjot untuk mengimbangi jumlah ekspor mineral dan batu bara (minerba) yang masih mendominasi.

"Potensi pertanian kita bagus, seperti produk samping kelapa sawit ini, PKE ternyata bernilai ekonomi tinggi," ujar Ali sebagaimana dikutip Liputan6.com dalam keterangan resmi, Sabtu (09/11/2019).

Ekspor minyak sawit dan PKE ini dilakukan di Tempat Lain Pemeriksaan Karantina di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

 

Ekspor hingga November 2019

Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh 2019 menyebut terdapat 61 perusahaan kelapa sawit di provinsi itu. Sebanyak 39 diantaranya masih beroperasi, delapan dalam tahap pembangunan, dan 14 lainnya dinyatakan kolaps. (Liputan6.com/ Rino Abonita)

Sebagai informasi, hingga November 2019 tercatat Kementan telah melakukan ekspor produk unggulan Kalimantan Selatan hingga 1.124 kali dengan nilai ekonomi Rp 2,9 triliun. Jumlah ini lebih besar dari tahun 2018 yang hanya Rp 2,3 triliun.

Angka ini naik 2,6 persen dari periode sebelumnya dengan tambahan adanya komoditas ekspor unik lain yaitu daun gulinggang atau sena. Hingga Oktober 2019, 127 ton daun gulinggang telah dikirim ke Jepang dengan nilai Rp 9 miliar.

Nantinya, petani di kabupaten Hulu Sungai Selatan akan mulai membudidayakan daun ini untuk memenuhi permintaan ekspor.

"Dengan beebasis kawasan akan mempermudah pihak Karantina Pertanuan dalam mengawal proses bisnis ekspornya," ujar Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin Achmad Gozali.

Turunkan Tarif Impor Sawit, Indonesia Bakal Serap Beras India

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah India menyetujui persyaratan yang diminta Indonesia terkait ekspor kepala sawit agar tidak ada perbedaan dengan Malaysia. Namun India juga meminta Indonesia untuk bisa membeli beras dan gula dalam bentuk raw sugar dari mereka.

"Memang saat sekarang tarif kelapa sawit, baik itu untuk CPO maupun RBD sudah sama. Semula ada perbedaan 5 persen, namun sesuai dengan permintaan Bapak Presiden, Perdana Menteri Narendra Modi menerima itu sehingga tarif CPO itu sama, Refined Bio Blended itu sama, RBD itu sama," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dikutip dari laman Setkab, Selasa (5/11/2019).

Menurut Airlangga, yang sekarang 40 persen CPO, 50 persen RBO akan dikirimkan per akhir bulan Desember menjadi 37,5 persen dan 45 persen, dan ini berlaku untuk Indonesia dan Malaysia, sehingga tidak ada perbedaan antara Indonesia dan Malaysia.

"Dengan demikian, tentu ini menjadi bagian dari kerja sama," ujarnya.

Namun diakui Menko Perekonomian jika India mengharapkan Indonesia bisa membeli beras dan gula dalam bentuk raw sugar dari India. Menurut Airlangga, dan pemerintah sudah mengatakan diambil secara bertahap.

"Nanti bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan ke depan dan memang per hari ini trade kita dengan India positif. Kita positif 8 miliar dolar AS, tertinggi di 2017 sebesar 10 miliar dolar AS, dan komoditas utamanya adalah batu bara dan kelapa sawit," terang Airlangga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Selidiki Robohnya Jembatan di Nongsa yang Bikin Wisman Luka-Luka

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Batam - Usai insiden robohnya jembatan Montigo Resort Nongsa yang melukai banyak wisman asal Singapura, Kabid Humas Polda Kepri, Kombes pol Erlangga mengatakan, pihak Polres Barelang tengah melakukan penyelidikan atas tragedi yang membuat sekitar 30 wisman jatuh terperosok dari ketinggian sekitar 4 meter.

"Hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan pendalaman dan memeriksa saksi-saksi termasuk manajemen," kata Erlanga kepada  Liputan6.com, Jumat (8/11/2018/9).

Temuan dari penyelidikan awal menunjukkan, kaki dan fondasi pada bagian jembatan yang lain masih kokoh. Menurut pengelola resort, jembatan roboh tersebut mendapat perawatan rutin. Mereka menduka robohnya jembatan karena tidak kuat menampung puluhan orang yang terkonsentrasi di satu bagian jembatan. 

Ilham Wibisono Humas Montigo Resort yang sekaligus menjabat Manajer Sosial Media Montigo, Jumat Malam ( 8/11/2019) mengatakan, fungsi jembatan tersebut untuk lalu lalang bukan untuk tempat berkumpul di satu titik.

Lebih lanjut pihaknya akan menunggu laporan resmi tentang masalah ini sehingga kami dapat segera memperbaiki kesalahan yang menyebabkan hal ini dan mencegah insiden serupa terjadi di masa yang akan datang.

Sementara itu, tanda-tanda peringatan telah diletakkan di dekat zona kecelakaan. Secara terpisah, perbaikan akan dilakukan untuk memastikan bahwa jembatan itu bahkan lebih kuat untuk keselamatan para tamu.

"Ini adalah pertama kalinya hal seperti ini terjadi dalam sejarah Montigo Resorts, Nongsa, berdiri dan kami selalu membanggakan diri dengan catatan keamanan kami yang sangat baik," tuturnya.

Ilham mengatakan, perusahaan akan meninjau kembali prosedur dan struktur bangunan dan akan menjalankan rekomendasi dari pihak berwenang untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi.

Mewakili manajemen, dirinya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan dan barharap tamu yang terkait cepat sembuh dalam waktu dekat.

"Montigo Resorts, Nongsa saat ini masih beroperasional seperti biasa dan berjanji akan lebih meningkatkan pelayanan, keamanan dan kenyamanan tamu," katanya menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asmara Abigail Bertahun-tahun Di-bully karena Berkulit Gelap

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris Asmara Abigail rupanya memiliki pengalaman kelam saat masih berstatus sebagai pelajar. Ia selalu dibully oleh teman-teman sekolahnya dari SD hingga SMA. 

Asmara Abigail menuturkan, perundungan itu datang tanpa henti karena ia memiliki warna kulit yang gelap. Saat sekolah, postur tubuhnya pun sangat kurus.

"Sudah kecil banget, kurus, hitam pokoknya buruk rupa dianggapnya. Cuma aku bingung, teman di sekolahku banyak juga yang kulitnya gelap, cuma mereka lebih senang bully aku," kata Asmara Abigail di SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2019).

 

Teman

Asmara Abigail memeragakan busana karya Denny Irawan. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Saking seringnya dibully, Asmara Abigail sampai tidak memiliki teman selama di sekolah. Bintang film Perempuan Tanah Jahanam ini memilih langsung pulang ke rumah saat jam sekolah berakhir. 

"Waktu itu aku sudah ditawarin pindah sekolah, tapi aku nggak mau karena sekolah itu dekat dari rumah jadi lebih nyaman juga buat aku walaupun temannya tidak nyaman," kata pemain film Perempuan Tanah Jahanam ini menjelaskan.

 

Lulus

"Goal aku memang pengin cepat lulus SMA, karena aku dari TK sampai SMA di sekolah yang sama. Aku pengin cepat lulus SMA supaya bisa pilih kuliah yang aku mau, jurusan yang aku mau, ketemu lingkungan baru," lanjut Asmara Abigail.

 

 

 

Di-bully

Meski kerap dibully oleh teman-temannya, Asmara Abigail tak pernah merasa down, apalagi sampai menangis. Itu karena ia selalu diberi masukan yang positif oleh keluarganya. 

"Karena orangtua dan keluarga aku selalu bilang warna kulit aku bagus, jadi aku berasa enggak ada sesuatu yang perlu aku tangisi. Keluarga aku semuanya cucunya perempuan kalau dari keluarga mama. Dan semua warna kulitnya sama," ucapnya.

 

Percaya Diri

Asmara Abigail sangat percaya diri dengan warna kulitnya. Sebab tak sedikit wanita yang justru ingin memiliki kulit eksotis seperti dirinya. 

"Aku enggak pernah coba produk untuk pemutih karena enggak tertarik. Terus aku takut jadi muka aja yang putih badannya hitam. Kebetulan sangat dibimbing oleh keluarga yang selalu bilang kulit aku sangat bagus," sang aktris mengakhiri. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepercayaan Diri Donald Trump pada Pemilu 2020, Yakin Kalahkan Bloomberg

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Donald Trump mengejak keputusan mantan Walikota New York City, Michael Bloomberg yang memutuskan untuk mengikuti persaingan menuju pemilu 2020 mendatang.

Kepada awak media, Trump mengatakan bahwa tidak ada orang yang lebih suka jadi lawannya selain Bloomberg.

Dilansir dari BBC, Sabtu (9/11/2019), sang pendiri media sekaligus miliarder tersebut telah mengajukan dokumen untuk pemilihan presiden AS melalui Demokrat di Alabama.

Namun, sejauh ini ia belum mengumumkan bahwa ia mencalonkan diri sebagai presiden.

Pada Jumat (8/11), Donald Trump mengatakan bahwa Bloomberg tidak memiliki hal spesial untuk menjadi pimpinan Gedung Putih.

"Dia tidak akan melakukannya dengan baik, tapi saya pikir dia akan benar-benar menyakiti Biden," ujar Trump.

Donal Trump tak hanya menyebut bahwa Bloomberg bukanlah apa-apa, ia juga mengatakan bahwa saingannya itu akan gagal jika ia bergabung dengan Demokrat.

Bloomberg Masuk dalam Bursa Capres AS 2020

Dan, peringkat ke 10 pada ranking orang terkaya dunia pada 2017 diisi oleh pendiri Bloomberg LP, yaitu Michael Bloomberg. aset kekayaan pria 75 tahun ini sebesar 42,5 miliar dolar atau sekitar 552,5 triliun rupiah. (ERIC PIERMONT / AFP)

Pengusaha sekaligus miliarder, Michael Bloomberg sedang mempertimbangkan untuk masuk dalam bursa pencalonan capres AS dari Partai Demokrat jelang Pilpres 2020 mendatang.

Melalui juru bicaranya, mantan walikota New York City tersebut khawatir karena kandidat yang ada saat ini tidak cukup baik untuk bisa mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan 2020 mendatang.

Hingga saat ini, ada 17 kandidat yang berlomba untuk mengambil alih posisi Presiden Trump.

Mantan Wakil Presiden Joe Biden, Senator Massachusetts Elizabeth Warren dan Senator Vermont Bernie Sanders menjadi nama-nama yang lebih dulu mencalonkan diri.

"Kita sekarang harus menyelesaikan pekerjaan dan memastikan bahwa Trump akan dikalahkan," ujar juru bicara Michael Bloomberg.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem: Ketika PDIP Bawa Gerindra Kami Tidak Protes

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago membahas soal sindiran yang menerpa sang Ketua Umum Surya Paloh. Khususnya mengenai rangkulan saat silaturahmi ke partai oposisi.

"Ayolah, kita bangun kepercayaan satu dengan yang lainnya, jangan lagi saling curiga. Karena kami melihat ketika PDIP membawa Gerindra toh kami juga tidak protes," tutur Irma di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11/2019).

Irma menyebut, pihaknya yakin Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dengan alasan baik untuk sama-sama membangun negeri.

"Kenapa kemudian ketika kita berkomunikasi dengan PKS untuk bisa juga dengan menjadi partner konsultif, menjadi masalah," jelas dia.

Senada dengan perkataan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh sebelumnya, lanjut Irma, menjadi partai yang mengaku pancasilais tidak semestinya sinis. Apalagi terhadap sesama partai koalisi.

"Kan gotong royong. Jadi kabinet itu harus gotong royong, itu yang dilakukan Pak Jokowi. Ini yang dimaksud oleh Pak Surya Paloh. Kita tidak pernah mau mencampuri dapur partai orang lain, tapi kita juga ingin agar partai-partai yang ada hari ini tidak juga mencampuri partai kita. Jadi harusnya itu tabayyun, komunikasi, tanya. Jangan suuzon, negatif thinking," Ketua DPP Nasdem ini menandaskan.

Surya Paloh Minta Jangan Ragukan Kesetiaan Nasdem

Ketum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) menghadiri pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai NasDem mengusung tema Restorasi Untuk Indonesia Maju. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh menyindir partai yang curiga terhadap Nasdem. Hal tersebut terkait pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman.

Paloh tak mengungkapkan siapa yang sebetulnya partai yang dia sindir. Dia berdalih, pihak yang dia sebut penuh curiga itu seperti angin.

"Yang mencurigai Nasdem ya kita gak tau, tapi pasti ada bagaikan angin yang terasa di tangan saya nggak bisa tangkap dia, nggak terlihat tapi ada perasaan saja," ujarnya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Paloh mengaku hanya bicara soal Pancasila saat menyindir ada partai merasa paling pancasilais. Dia mengatakan, jika ada partai yang marah terus sudah mengurangi nilai Pancasila.

"Nah pikiran-pikiran ini kan yang memang kita miliki sebagai bagian dari ideologi yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Jadi kalau ada partai kita yang bawa marah aja, dia kurang pancasilais. Kan ada juga ada marah, senyum boleh," kata Surya Paloh.

Paloh menegaskan, tak perlu meragukan Nasdem di koalisi. Dia menuturkan akan menjadi partai paling setia mendampingi Presiden Joko Widodo.

"Ya kalau ada yang menyatakan ragu terhadap dalam pemerintahan ini saya katakan jangan-jangan nanti Nasdem yang paling setia, kan bisa juga. Ada orang yang ragu dan kita balas keraguan itu, jangan ragu-ragu," tegasnya.

Komunikasi politik Nasdem, kata Paloh, tidak memberikan sekat dan hambatan dengan siapapun.

"Maka komunikasi politik Nasdem begitu cair tidak ada sekat hambatan. Baik pengusung pemerintah maupun di luar pemerintahan," ujar Surya Paloh.

Paloh menegaskan, Nasdem mengedepankan kepentingan bangsa dibandingkan partai. Menurutnya hal itu merupakan proses pendidikan politik berkelanjutan.

Karena itu, Paloh menegaskan Nasdem bukan partai yang menjadi pengusung pemerintah yang hanya memikirkan kepentingan koalisi.

"Jadi bukan hanya dasar Nasdem partai pengusung pemerintah kemudian hanya memikirkan kepentingan-kepentingan koalisi yang ada di pemerintahan. Salah itu. Salah itu," kata dia.

"Itu bukan cara berfikirnya Nasdem saudara-saudara. Mikir yang pendek-pendek orang Medan bilang pikir cetek-cetek," tegasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 Kata-Kata Roman Picisan Terbaru, Romantis Penuh Cinta

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata roman picisan terbaru bisa mengungkapkan hal-hal romantis untuk sang pacar. Istilah roman picisan tak asing dalam kisah cinta romantis anak SMA. Roman picisan dipopulerkan melalui film drama romantis Indonesia pada tahun 80-an.

Kisah roman picisan kemudian dipopulerkan kembali saat ini dan menarik banyak perhatian anak muda. Dalam kisah romantis ini muncul banyak kata-kata roman picisan terbaru. Kata-kata roman picisan terbaru ini pastinya menjadi inspirasi ungkapan cinta kaum muda.

Bagi kamu penggemar roman picisan, kamu mungkin akan mencari kata-kata roman picisan terbaru. Kata-kata roman picisan terbaru ini berupa ungkapan-ungkapan romantis tentang cinta. Kamu bisa menggunakan kata-kata roman picisan terbaru ini untuk mengesankan kekasih hati.

Berikut 30 kata-kata roman picisan terbaru yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/11/2019).

Kata-kata roman picisan terbaru tentang kerinduan

Ilustrasi cinta/copyright shutterstock By iambasic_Studio

1. "Rindu yang kudapati kini sulit untuk tersampaikan kepadamu. Namun, aku tidak akan putus asa dalam menggapai semua kerinduanku padamu."

2. "Apakah kita menatap bulan yang sama malam ini? Jika iya pejamkan mata sejenak biarkan sinarnya memelukku sebagai pengganti akan sebuah rindu."

3. "Adakah rasa yang lebih menyakitkan dari hilangnya hak untuk menyapamu. Adakah rindu yang lebih menyesahkan dari sirnahnya kebersamaan kita."

4. "Rindu itu sunyi, tak perlu ada bunyi."

5. "Gelap tak mampu menahan rinduku yang berujung kepadamu. Dan tak hanya itu saja, dengan gelapmu pun akan membuatku merasa terang di mana dirimu berada."

Kata-kata roman picisan terbaru tentang perpisahan

ilustrasi pasnagan/Photo by Dương Hữu on Unsplash

1. "Kebersamaan singkat yang dirimu bangun dengan ku akan selalu ku kenang selalu di ingatan memoriku. Namun, jangan jadikan pertemuan singkat ini sebagai perpisahan melainkan untuk pertemuan – pertemuan selanjutnya yang lebih membahagiakan lagi."

2. "Kehilangan bukanlah akhir ternyata. Kepergian bukanlah pemisah rupanya."

3. "Melepasmu bukan keinginanku, akan tetapi ditetapkan menjadi sebuah takdir. Menjadi tegar bukan pilihanku, tapi itulah satu – satunya jalan keluar."

4. "Berat bibir ini terucap.

Perih mata ini menatap.

Menjelang hadirnya perpisahan."

5. "Apakah kamu tahusaat aku bilangaku rela melepasmuitu kebohongan terburuk."

Kata-kata roman picisan terbaru romantis

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Jonathan Borba from Pexels

1. "Aku ingin mencintaimu dengan sederhana. Tanpa memikirkan rumitnya rumus fisika dan sulitnya perhitungan ekonomi."

2. "Seandainya aku bisa memilih, aku akan memilih untuk tidak mengenalmu karena kamu tak tahu seberapa besar pengorbanan yang kulakukan untuk kebahagiaanmu."

3. "Keindahan cinta memang selalu tak nampak. Namun itulah makna dari cinta yang sebenarnya. Cinta yang ada tanpa materi dibuatnya."

4. "Seseorang berkata, ada satu cara membuat wanita jatuh cinta, yaitu buatlah dia tertawa. Namun ku tak pernah bisa. Karena disaat dia tertawa, justru aku yang semakin cinta."

5. "Jangan tanya sedang apa aku hari ini, karena yang kulakukan selalu sama. Sedang mencintaimu. Sedang mengharapkanmu. Setiap hari."

Kata-kata roman picisan terbaru penuh makna

Ilustrasi Foto Surat Cinta (iStockphoto)

1. "Mencintai seseorang tidak pernah salah meskipun dia telah menolakmu berkali – kali. Namun, ingatlah satu hal, jikalau dia memang penantian cintamu, tak perlu khawatir, dia akan kembali padamu."

2. "Cinta itu butuh waktu, tidak pernah datang dahulu. Atau bahkan terlambat. Datang, cinta selalu menyapa pada saat yang tepat."

3. "Saat aku lelah,

Kuminta rindu Untuk pergi.

Tapi rindu sudah tersesat dalam labirin hati.

Bersemayam abadi, agar aku terus teringat semuanya

Tentang kamu."

4. "Ijinkan hasratkubersandar dihatimuagar rasa inibisa memberi kehangatandi dalam hatimu."

5. Bersamamu membuatku lupa, kehilanganmu membuatku berduka.

Kata-kata roman picisan terbaru galau

Ilustrasi galau (iStockphoto)

1. "Dalam suka maupun duka, ku kan terus berharap bahwa, dirimu akan selalu ada di sampingku. Namun, hal itu hanya semu. Dirimu semakin menjauh dan menjauh."

2. "Cintaku tak harus miliki dirimu, meski perih mengiris-iris segala janji."

3. "Kata orang cinta itu buta

tapi kenapa aku tetap bisa memandangi keindahanmu

Kata orang cinta tak ada logika

Tapi kenapa pikiranku teratur menyimpan senyumu

Kata orang cinta itu menyakitkan

Tapi kenapa aku tetap bertahan."

4. "Kamu adalah kebenaran yang harus kuingkari

Kamu adalah keindahan yang tak mampu kunikmati

Kamu adalah keindahan yang hadir lewat mimpi."

5. "Waktu,

Bukankah dia percaya sebagai pengobat luka?

Tapi kenapa kini dia hadir sebagai pengingat lara."

Kata-kata roman picisan terbaru bijak

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Howdy Hada from Pexels

1. "Ketika kita menghadapi kesulitan

Dan kita tidak menyerah

Itulah kekuatan kita."

2. "Cinta itu butuh waktu

Tidak pernah datang lebih dahulu.

Atau bahkan terlambat datang

Cinta selalu menyapa

Pada saat yang tepat."

3. "Matamu terbuka..

Sebelum mentari ada

Langkah mu tegak tercipta

Mengejar impian dunia."

4. "Saat gerimis senja hilang

oleh pelangi di matamu

Aku titipkan harapanku padamu."

5. "Melepasmu, bukan keinginanku..

Tetapi ditetapkan menjadi takdir..

Menjadi tegar bukan pilihanku..

Tapi, itu menjadi satu-satunya jalan keluar.."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Eksklusif Shopee Liga 1 2019 Tira Persikabo Vs Persebaya di Vidio

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Pertandingan lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2019 digelar hari ini (9/11/2019). Hanya terdapat satu pertandingan kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia yang berlangsung hari ini.

Partai sengit antara Tira Persikabo melawan Persebaya Surabaya digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor dan disiarkan langsung Indosiar. Kedua tim punya misi mengakhiri rentetan hasil buruk.

Dalam pertemuan nanti menjadi tantangan bagi Tira Persikabo, karena mereka tidak pernah menang pada 11 laga terakhir mereka. Padahal, pasukan Rahmad Darmawan sempat mendominasi di awal musim ini.

Namun, Persebaya datang ke Pakansari juga dengan misi memutus rentetan hasil buruk mereka di Shopee Liga 1 2019. Apalagi kehadiran Aji Santoso diharapkan dapat mengakhiri enam pertandingan tanpa kemenangan yang dialami Persebaya.

Menarik menanti ketatnya pertarungan kedua tim di lapangan pada pukul 15.30 WIB hari ini. Untuk menyaksikan laga Tira Persikabo vs Persebaya Surabaya ini di Vidio Premier bisa berlangganan melalui link di sini...

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan pertandingan Tira Persikabo Vs Persebaya Surabaya silakan klik di sini...

Perkiraan Susunan Pemain

Prediksi Starter

Tira Persikabo (4-2-3-1): Angga Saputro (kiper); Vava Mario Yagalo, Zoubairou Garba, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu (belakang); Louise Parfait, Guntur Triaji, Roni Sugeng (tengah); Wawan Febrianto, Ciro Alves, Osas Saha (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persebaya (4-3-3): Imam Arief (kiper); Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Aryn Williams, Rendi Irwan (gelandang), Elisa Basna, Diogo Campos, Oktafianus Fernando (depan)

Pelatih: Aji Santoso

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bill Gates Sebut Windows Mobile Bisa Saingi Android, Andai..

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates kembali membuat pernyataan yang berhubungan dengan Android. Kali ini, pendiri Microsoft itu mengatakan Windows Mobile sebenarnya bisa mengalahkan Android andai tidak terjerat masalah anti-trust dari Departemen Hukum Amerika Serikat.

Pernyataan itu diutarakannya saat berbicara dalam acara DealBook Conference di Amerika Serikat. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan Microsoft mengalami kerugian yang sangat besar akibat masalah anti-trust yang dilayangkan otoritas Amerika Serikat.

Sekadar informasi, pada 2001, Microsoft dianggap telah melanggar aturan tentang monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Karenanya, perusahaan sempat goyah dan mengalihkan fokus ke persoalan hukum tersebut.

"Anti-trust buruk bagi Microsoft, dan kami sebenarnya dapat lebih fokus menciptakan sistem operasi mobile. Jadi, alih-alih menggunakan Android saat ini, kamu akan memakai Windows Mobile," tuturnya seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (9/11/2019).

Dia mengatakan, Microsoft sebenarnya tinggal sedikit lagi untuk mulai menciptakan sistem operasi mobile. Namun fokus itu terpecah karena kasus anti-trust, sehingga pengembangannya tidak lagi berlanjut.

"Kami terlambat tiga bulan merilis (sistem operasi mobile) yang akan digunakan Motorola. Sekarang tidak ada orang di sini yang pernah mendengar Windows Mobile," tuturnya melanjutkan.

 

Sempat Utarakan Pernyataan Senada

Pernyataan senada sebelumnya juga pernah diungkapkan oleh Gates tahun ini. Dia mengatakan salah satu kesalahan terbesar yang dilakukannya adalah membiarkan Google merilis Android.

Gates mengatakan, di dunia software terutama untuk platform tertentu menganut sistem winner-takes-all market. Maksudnya, perusahaan dengan performa apik di bisnis software akan mampu menguasai pasar secara luas.

"Kesalahan terbesar adalah...kesalahan manajemen apa pun yang berhubungan dengan saya sehingga Microsoft tidak seperti Android," tuturnya.

Gates sendiri mengatakan hal itu bukannya tanpa alasan. Sebab sejak lama, Microsoft merupakan perusahaan yang sangat unggul di bidang software, terutama sistem operasi.

"Itu dia, Android merupakan platform ponsel standar saat ini--non Apple. Sesuatu hal yang sebenarnya wajar dimenangkan oleh Microsoft," tuturnya.

Namun saat itu, Microsoft memang tidak fokus ke perangkat mobile, terutama perangkat dengan layar sentuh. Meski menyesal, Bill Gates tetap menyebut Microsoft sebagai perusahaan yang sangat kuat saat ini.

Hanya Gates mengandaikan jika tidak ada kesalahan tersebut, Microsoft akan menjadi 'perusahaan terkemuka', tidak sekadar 'salah satu perusahaan terkemuka'.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyalahgunaan Alat Kontrasepsi Lewat Pendistribusian yang Tepat

Posted: 08 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Alat kontrasepsi seperti kondom semakin mudah didapatkan mengingat program Keluarga Berencana (KB) yang diwajibkan oleh pemerintah. Salah satu masalah utama terkait kemudahan dalam mendapatkan alat kontrasepsi adalah praktik penyalahgunaan yang menyasar beberapa pihak seperti anak-anak.

Berkaitan dengan hal ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengungkapkan bahwa pihaknya tetap berusaha untuk mengawal rantai pasok alat kontrasepsi dengan sebaik-baiknya.

"Rantai pasok alat kontrasepsi ini sebenarnya jelas jalurnya. Katakanlah dari pusat, sebagian langsung ke provinsi. Dari provinsi ini langsung ke dinas KB di kabupaten," kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Selasa (5/11/2019).

Hasto menambahkan, dinas KB di kabupaten hanya boleh mendistribusikan alat kontrasepsi ke tempat-tempat yang sudah bekerja sama dengan BKKBN. Hal ini terbukti dengan menurunnya angka total fertilitas (kelahiran) yang berhasil ditekan sebanyak 2,38 persen pada 2018.

Survei yang dilakukan oleh BKKBN bertujuan untuk melihat kemajuan dari kinerja BKKBN terkait program-program yang direncanakan, seperti KB. Salah satunya dilakukan dengan kampanye terkait pengjangkauan dan penyuluhan alat kontrasepsi di berbagai daerah.

 

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Ilustrasi Foto Alat Kontrasepsi Kondom (iStockphoto)

Tak hanya itu, penggunaan alat kontrasepsi yang tepat bisa mengendalikan pertambahan jumlah penduduk, membatasi angka kelahiran, serta mengatur jarak kelahiran. Program KB juga diharapkan bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang tidak diinginkan.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), berikut mengapa penggunaan alat kontrasepsi menjadi penting.

1. Menghindari kasus kehamilan yang tidak diinginkan

Pada kasus kehamilan yang tidak diinginkan kerap berujung pada tindakan aborsi yang berdampak pada kesehatan sang ibu. Penggunaan alat kontrasepsi bisa menjadi solusi untuk mengatur jarak kelahiran sehingga meminimalisir terjadinya kehamilan.

2. Membantu tumbuh kembang anak-anak

Kehamilan yang direncanakan dapat membantu pertumbuhan sang anak. Anak bisa memperoleh kasih sayang dan perhatian yang cukup.

3. Meningkatkan kualitas keluarga

Alat kontrasepsi digunakan untuk menjaga jarak kelahiran yang bisa mengurangi risiko kematian ibu dan baik. Tak hanya itu, mengatur jarak kelahiran juga dapat meningkatkan kualitas keluarga, khususnya dalam hal ekonomi.

Penulis: Diviya Agatha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bapak dan Anak Pengedar Sabu di Bangkalan, Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Posted: 08 Nov 2019 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bapak dan anak di Bangkalan, Jawa Timur, kompak mengedarkan narkoba jenis sabu. Dari kedua tersangka, polisi mengamankan barang bukti sabu 100 gram siap edar. Modusnya agar transaksi tidak terendus polisi, sabu dibungkus plastik sengaja dilempar ke semak-semak di lokasi yang ditentukan.

Bapak dan anak ini terpaksa digelandang aparat Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur. MT (43) dan IL (18) ini kompak mengedarkan narkoba jenis sabu. Polisi mengamankan sabu sebanyak 100 gram yang sudah dibungkus plastik dan siap diedarkan ke pemesan atau pembeli. Berikut dilansir Liputan6, 7 November 2019.

Modusnya, tersangka MT mendapatkan barang haram dari seseorang berinisial Y yang masih diburu petugas, agar transaksi tidak terendus polisi, sabu dibungkus plastik sengaja dilempar ke semak-semak di lokasi yang ditentukan.

Selanjutnya sabu diambil oleh MT. Peran anaknya IL, yakni mengedarkan dan menjual sabu ke para pengguna narkoba. Kini polisi masih memburu jaringan pemasok barang haram ke bapak dan anak ini. Para tersangka kini dijerat Undang-Undang Tentang Psikotropika dan Obat Terlarang ancaman hukuman hingga 15 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembangkan Pariwisata Jabar, Uu: Kami Beri Bantuan Rp100 Miliar ke Pangandaran

Posted: 08 Nov 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi Jabar terus mengembangkan potensi pariwisata di tanah Pasundan. Berkaitan dengan hal itu, ada tiga upaya yang dilakukan pemerintah setempat. Hal itu diungkapkan oleh Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. 

Saat menghadiri pembukaan simposium The 4th Spirit of Bandung bertema Ecotourism Industry Development and Environment Protection di Universitas Kristen Maranatha, Uu menjelaskan tiga upaya tersebut. 

Upaya pertama adalah memperbaiki akses menuju destinasi wisata. Kemudian membangun wilayah wisata berskala besar atau internasional, seperti yang terjadi di Kabupaten Pangandaran. Terakhir, menghadirkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Pariwisata adalah salah satu program yang akan kami andalkan untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan kesejahteraan masyarakat. Kami membangun wilayah wisata berskala besar, mudah-mudahan bisa berskala internasional, seperti Pangandaran. Sekira Rp100miliar kami berikan bantuan kepada Kabupaten Pangandaran untuk memperbaiki fasilitas, dan hal lainnya yang ada di Pangandaran," kata Uu, Kamis (7/11).

Uu juga mengapresiasi simposium tersebut karena menurut dia, kegiatan itu dapat menjadi daya ungkit untuk menyukseskan dunia pariwisata dan mendorong Jabar sebagai provinsi pariwisata di Indonesia.

Spirit of Bandung merupakan simposium tingkat internasional yang digagas oleh Universita Kristen Maranatha dan Hebei Normal University (China). Simposium yang digelar pertama kali pada 2013 tersebut menjadi agenda dua tahunan.

Tujuan dari Spirit of Bandung sendiri adalah mendorong kesepahaman budaya, memperkuat kerja sama, dan menjaga persahabatan kedua pihak. Simposium itu memberikan pengaruh sosial yang luas dan baik, serta menjadi sarana komunikasi humanistik yang berpengaruh di tingkat regional.

Rektor Universitas Kristen Maranatha Armein ZR Langi mengatakan, simposium tersebut menjadi komitmen Universitas Kristen Maranatha dalam mengembangkan kebersamaan dengan berbagai negara sahabat, khususnya dengan Cina.

Terinspirasi dari Konferensi Asia Afrika 1955 di Kota Bandung, kata Armein, Spirit of Bandung menjadi penyemangat untuk membangun kebersamaan tidak hanya pada tingkat pemimpin, tetapi juga level industri, perguruan tinggi atau akademisi, serta lembaga dan masyarakat.

"Ini satu komitmen kami dari Universitas Kristen Maranatha untuk mengembangkan semangat kebersamaan internasional dengan berbagai negara sahabat pada umumnya dan negara China pada khsusnya," kata Armein dalam sambutannya.

"Perkembangan hubungan Indonesia dengan China yang semakin pesat berkontribusi pada pengembangan kesejahteraan dan ekonomi kedua negara, yang pada akhirnya berkontribusi pada kualitas kehidupan dan perdamaian di kawasan Asia," imbuhnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Russell 52 Poin, Golden State Warriors Tetap Kalah

Posted: 08 Nov 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Minnesota- Penampilan gemilang point guard D'Angelo Russell tak mampu menyelamatkan Golden State Warriors. Mereka tetap kalah 119-125 dari Minnesota Timberwolves pada laga lanjutan NBA di Target Center, Sabtu (9/11/2019) pagi WIB.

Russell pada laga ini mencetak 52 poin, sembilan rebound dan lima assist. Ini menjadi pencapaian terbaiknya selama berkarier di NBA.

Warriors pada laga ini memang cuma mengandalkan Russell. Pasalnya trio Klay Thompson, Stephen Curry dan Draymond Green masih cedera.

Meski tanpa trio pemain pilar, Warriors sebenarnya tampil menjanjikan di laga ini. Mereka lebih banyak mengungguli Timberwolves.

Warriors unggul empat poin 110-106 dengan tersisa 29 detik. Sayangnya, Timberwolves secara luar biasa mampu mengejar. Setelah dua free throw Karl-Anthony Towns, Timberwolves memenangi jump ball.

Wiggins

Laga akhirnya harus ditentukan lewat overtime setelah Andrew Wiggins menyamakan skor menjadi 110-110. Russell gagal melesakkan tembakan tiga angka saat buzzer sehingga perlu tambahan waktu.

Pada masa overtime, Wiggins kembali jadi pahlawan. Dia melesakkan tembakan tiga angka menentukan dengan tersisa 23 detik. Wiggins pada laga ini menorehkan 40 poin. Towns finis dengan 20 poin dan 14 rebound..

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPP Minta Surya Paloh Tak Perlu Reaktif Sikapi Sindiran Jokowi

Posted: 08 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kembali menjadi sorotan terkait curahan hatinya setelah disindir Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait pertemuannya dengan PKS. Curhatan itu disampaikan saat membuka Kongres Partai Nasdem, Jumat 8 November kemarin.

Menanggapi hal itu, Wasekjen PPP Achmad Baidowi meminta Surya Parloh tak usah terlalu reaktif menanggapi polemik di publik.

"Kami kira, tidak ada kecurigaan apapun dari Pak Jokowi kepada Surya Paloh yang berangkulan dengan Sohibul Iman. Karena masing-masing Parpol memiliki otoritas sendiri dalam menentukan sikap politik," ucap Baidowi saat dihubungi, Sabtu (9/11/2019).

Dia menuturkan, Jokowi hanya bertanya kepada NasDem yang merupakan bagian dari koalisi pendukung pemerintah. Apalagi, itu disampaikan sambil bergurau saat menghadiri HUT Partai Golkar.

"Konteks Pak Jokowi hanya bertanya, karena memang NasDem masih bagian dari koalisi. Orang bertanya boleh-boleh saja, apalagi disampaikan sambil gurau, (Surya Paloh) tak perlu reaktif," ungkap Baidowi.

Baidowi menegaskan, sejauh ini koalisi yang dibangun Jokowi masih baik-baik saja.

 

Curhatan Surya Paloh

Ketum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) menghadiri pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai NasDem mengusung tema Restorasi Untuk Indonesia Maju. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mencurahkan isi hatinya setelah disindir usai silaturahmi dan berangkulan dengan Presiden PKS Sohibul Iman.

Paloh menilai, bentuk kecurigaan itu merupakan diskursus paling picik. Sebab, rangkulan dan silaturahmi dengan kawan sebangsa dimaknai dengan tafsir dan kecurigaan.

Menurut Paloh, cara pandang demikian paradoks. Sebab, nilai demokrasi yang berkembang begitu liberal tetapi praktiknya sangat konservatif.

"Bangsa ini sudah capek dengan segala intrik yang mengundang sinisme satu sama lain, kecurigaan satu sama lain hingga kita berkunjung ke kawan, ini bangsa model apa seperti ini. Tingkat diskursus politik yang paling picik di negeri ini," ujar Paloh saat memberikan pengarahan Kongres II Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Paloh juga menyindir partai yang paling merasa pancasilais tetapi penuh sinis dan curiga terhadap Nasdem. Paloh tak mengungkapkan siapa yang sebetulnya partai yang dia sindir. Dia berdalih, pihak yang dia sebut penuh curiga itu seperti angin.

"Yang mencurigai Nasdem ya kita enggak tahu, tapi pasti ada bagaikan angin yang terasa di tangan saya. Enggak bisa tangkap dia, enggak terlihat tapi ada perasaan saja," tukasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Terbongkarnya Jasad yang Dicor di Jember

Posted: 08 Nov 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada pekan ini, dua kasus menyita perhatian di Jawa Timur. Kasus pembunuhan dan ambruknya atap empat kelas di SDN Gentong, Pasuruan menyedot perhatian.

Mengawali pekan ini, masyarakat di Dusun Joruju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember dihebohkan dengan penemuan jasad di sebuah tempat di rumah salah satu warga. Anggota Polres Jember bersama Tim DVI membongkar lantai musala di desa tersebut, dan menemukan jasad yang diduga korban pembunuhan. Jasad tersebut merupakan korban pembunuhan bernama Sugiono atau Surono (51).

Pembongkaran tempat tersebut setelah ada laporan orang hilang sejak April 2019. Kemudian laporan pada 3 November 2019 itu ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian. Usai bongkar makam tersebut, aparat kepolisian mendalami kasus pembunuhan tersebut. Setelah pendalaman kasus itu, pihak kepolisian Jember pun menetapkan istri dan anak korban masing-masing berinisial BS (47) da BR (27) sebagai tersangka pembunuhan korban Sugiono alias Surono.

"Kedua tersangka melakukan pembunuhan secara berencana yang dilakukan pada akhir Maret 2019 dengan barang bukti sebuah linggis yang diduga digunakan untuk membunuh korban," ujar Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal.

Selain kasus pembunuhan, ambruknya atap kelas di SDN Gentong, Pasuruan juga mencuri perhatian. Akibat ambruknya atap kelas di SDN Gentong, Pasuruan, Jawa Timur menelan dua korban jiwa yaitu satu guru dan murid.

Polda Jatim pun menerjunkan tim labfor untuk menyelidiki penyebab ambruknya atap SDN Gentong, Pasuruan. Kepolisian Daerah Jawa Timur pun menyebutkan insiden tersebut karena ada faktor kelalaian dan dugaan korupsi.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol, Frans Barung Mangera menuturkan, faktor tersebut didapat setelah tim laboratorium forensik menyelesaikan gelar perkara.

"Ada dua kasus yang ditemukan tim forensik dalam kasus tersebut. Pertama, soal kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dan luka-luka dan kasus tindak pidana korupsi," ujar dia kepada wartawan, seperti mengutip Antara, Jumat, 8 November 2019.

Dugaan korupsi, kata dia, karena ditemukan banyak hal yang tidak sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada. Hal itu seperti indikasi material yang tidak sesuai dan ada ketentuan daripada konstruksi yang tidak dilakukan oleh pihak pelaksana proyek.

Adapun kasus lainnya yang diungkap pada pekan ini mulai dari perkembangan kasus prostitusi melibatkan finalis putri pariwisata, kasus narkoba dan lainnya.

Polisi Bongkar Lantai Musala di Jember

Polisi bongkar kasus dugaan pembunuhan di Jember (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Ada Muncikari Lain dalam Kasus Prostitusi Libatkan Publik Figur

Kapolisian Daerah Jawa Timur menyebut ada keterlibatan muncikari selain tersangka berinisial J dan S dalam kasus prostitusi yang melibatkan finalis Putri Pariwisata 2016 berinisial PA.

"Ini akan berkembang, muncikari ini berinisial D dan merupakan bosnya muncikari termasuk atasan muncikari S," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Surabaya, Jawa Timur, Senin, 4 November 2019.

Luki mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun Polda Jatim, muncikari D merupakan pemegang seluruh data penyedia jasa layanan prostitusi dari publik figur, dilansir dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

2.Polisi Bongkar Lantai Musala di Jember, Temukan Jasad Diduga Korban Pembunuhan

Anggota Polres Jember bersama Tim DVI Polda Jatim membongkar sebuah lantai musala di Dusun Joruju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Dari hasil kegiatan tersebut, polisi berhasil menemukan jasad yang diduga korban pembunuhan. 

"Berdasarkan laporan yang diterima dari Polres Jember, kegiatan tersebut langsung dihadiri Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal, Kasat Reskrim AKP Jumbo Qontasson, unsur Muspika Kecamatan Ledokombo, Tim DVI Polda Jatim dan Tim Regident Polres Jember, anggota Polsek Ledokombo serta 30 Personel Pengamanan," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Senin, 4 November 2019.

Berdasarkan laporan Polisi Nomor: LP/K/85/XI/2019/JATIM/RES.JBR/SEK. LDO tanggal 3 November 2019. Pelapor diketahui bernama Misri alias Edi (50) seorang petani atau kepala dusun, alamat Dusun Juroju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. 

Berita selengkapnya baca di sini

3.Usai Bongkar Makam, Polisi Dalami Kasus Dugaan Pembunuhan di Jember

Aparat kepolisian mengamankan istri dan anak korban pembunuhan yang dicor di bawah lantai musala di Desa Sumbersalak, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

"Untuk penyelidikan lebih lanjut, kami telah mengamankan istri korban berinisial SN dan putranya BR di Mapolsek Ledokombo," kata Kapolsek Ledokombo AKP Wardoyo Utomo di Jember, demikian mengutip Antara, Senin, 4 November 2019.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut dia, anak dan istri terduga korban pembunuhan itu saling tuduh sebagai pelaku pembunuhan Surono (51) yang dicor di lantai mushalla di rumahnya.

Berita selengkapnya baca di sini

Kasus Sindikan Penipuan

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

4.Polda Jatim Ungkap Ada 42 Nama dalam Prostitusi Online Bertarif Tinggi

Kasus prostitusi online yang dibongkar Tim Jatanras Reskrimum Polda Jatim, terus dikembangkan. Dari hasil pemeriksaan digital forensik telpon genggam milik mucikari SD, penyidik mendapati 100 nama talent atau koleksi. 42 nama di antaranya juga merupakan koleksi dari mucikari Vanessa Angel, yang juga mucikari SD.

Selain daftar nama talent, polisi juga menemukan ada pengiriman konten spesifikasi dari masing-masing talent, mulai dari tinggi badan, berat badan, warna kulit, Polisi juga mendapati tarif para talent dari Rp16 juta – Rp100 juta.

Berita selengkapnya baca di sini

5.Polrestabes Surabaya Amankan Sindikat Penipuan Menyamar Pengusaha Sawit

Empat pelaku penipuan dan pencurian lewat ATM, asal Sulawesi Selatan dibekuk aparat Polrestabes Surabaya. Modusnya, tersangka mengaku sebagai pengusaha kelapa sawit asal Brunei Darussalam, dan menawarkan kerja sama dengan sistem bagi hasil. Syaratnya, korban mau meminjamkan ATM-nya, sehingga pelaku dengan mudah menguras isi ATM korban.

Empat pelaku adalah NS (56), RZ (41),  YM (45), serta HN (35), keempatnya berasal dari Sulawesi Selatan, namun mengaku pengusaha kelapa sawit asal Brunei Darussalam. Mereka diringkus di sebuah tempat hiburan di Malang.

Modus para pelaku adalah mengajak korban yang sebelumnya diketahui mengambil uang di ATM. Para pelaku mengajak korban berbisnis kelapa sawit, dengan keuntungan bagi hasil. Pembicaraan pelaku dan korban ini, terekam kamera CCTV minimarket tersebut.

Berita selengkapnya baca di sini

6.Polda Jatim Terjunkan Tim Labfor Selidiki Penyebab Ambruknya Atap SDN Gentong Pasuruan

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Polda Jatim) terjunkan tim laboratorium forensik untuk menyelidiki  penyebab ambruknya SDN Gentong di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Selasa, 5 November 2019.

"Polda Jawa Timur sudah memanggil laboratorium forensik dan sudah berangkat menuju ke Pasuruan Kota guna memeriksa konstruksi dan memeriksa keseluruhan dari pada bangunan-bangunan yang dikerjakan tahun 2017 itu," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera. 

Barung mengatakan, atap sekolah yang ambruk diduga karena konstruksinya yang tidak sesuai prosedur. Polisi mendapat informasi, di bagian atas bangunan sekolah, genting hanya dilapisi dengan seng saja. 

"Nanti akan diputuskan setelah hasil yang namanya scientific identifikasi kita bekerja," ucap dia.

Berita selengkapnya baca di sini

7. Polda Jatim Ungkap Jaringan Malaysia, Sita Sabu 7 Kg

Jaringan sabu asal Malaysia yang dikendalikan kurir dan bandar asal Surabaya, dibongkar Ditreskoba Polda Jawa Timur. Polisi menyita 7 kilogram (kg) sabu, yang dimasukkan dalam kemasan teh China dan diselundupkan melalui jalur laut.

Bandar jaringan ini terpaksa ditembak mati karena nekad menabrak motor anggota, saat berupaya kabur. Ditreskoba Polda Jawa Timur, berhasil membongkar jaringan peredaran sabu asal Malaysia. Polisi mendapatkan barang bukti seberat tujuh kilogram.

Berita selengkapnya baca di sini

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

8.Jambret Gagal Ambil Tas Mahasiswa di Rungkut Surabaya

Gagal merampas tas seorang mahasiswi, seorang pelaku perampasan di kawasan Rungkut Surabaya, babak belur dikeroyok massa. Beruntung nyawa pelaku terselamatkan, setelah polisi yang datang melerai warga yang marah, dan langsung mengamankannya ke Mapolsek Rungkut.

Dengan wajah babak belur, AS (29) hanya bisa pasrah ketika diamankan polisi di sebuah pos keamanan di Jalan Ir. Soekarno, kawasan Rungkut Surabaya. AS diamankan dari amuk massa, yang emosi dengan aksi perampasan tas yang dilakukannya.

Berita selengkapnya baca di sini

9. Polisi: Ada Dugaan Ketidaksesuaian Spesifikasi Konstruksi Atap Kelas Ambruk

Polisi menemukan ada dugaan ketidaksesuaian spesifikasi pada konstruksi bangunan SDN Gentong, Kota Pasuruan, Jawa Timur, yang atapnya ambruk hingga mengakibatkan dua orang meninggal dunia serta belasan siswa mengalami luka-luka.

"Tim Laboratorium Forensik memeriksa tiga poin utama penyebab ambruknya atap sekolah, yakni konstruksi bangunan, material bangunan dan apa yang terjadi saat itu," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Surabaya, Rabu, 6 November 2019, mengutip laman Antara.

Dari pemeriksaan tersebut, kata dia, tim telah mendapatkan data-data awal penyebab penyangga dari atap sekolah ambruk. "Misalnya, material yang seharusnya A, tetapi material yang dipakai B. Kemudian struktur bangunan yang seharusnya kokoh, tidak lapuk. Artinya bahwa dalam kondisi itu harusnya pemasangan-pemasangan tertentu lebih kokoh," ujar dia.

Berita selengkapnya baca di sini

10.Alasan Polda Jatim Tangani Kasus Ambruknya Atap Gedung SDN Gentong Pasuruan

Kepolisian Daerah Jawa Timur mengambil alih kasus ambruknya atap SDN Gentong di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Selasa pagi, yang menyebabkan dua orang meninggal dunia dan 11 siswa lainnya mengalami luka-luka.

"Kami tidak menyepelekan Polresta (Pasuruan). Tetapi lebih proporsional lagi kalau Polda Jatim. Secara resmi mungkin nanti ditangani Polda Jatim," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda setempat di Surabaya, mengutip laman Antara, Selasa 5 November 2019.

Kendati mengambil alih penanganan kasus ambruknya atap sekolah tersebut, tetapi pihaknya tetap melibatkan Polresta Pasuruan. Perwira dengan tiga melati di pundak itu menyatakan dugaan sementara polisi ialah konstruksi bangunan yang tidak sesuai prosedur.

Berita selengkapnya baca di sini

11. Polisi Tetapkan Istri dan Anak Korban Tersangka Pembunuhan di Jember

Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal menetapkan istri dan anak korban masing-masing berinisial BS (47) dan BR (27) sebagai tersangka pembunuhan korban Sugiono alias Surono (51) yang jenazahnya disemen cor di bawah lantai musala rumahnya di Desa Sumbersalak, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kedua tersangka melakukan pembunuhan secara berencana yang dilakukan pada akhir Maret 2019 dengan barang bukti sebuah linggis yang diduga digunakan untuk membunuh korban," katanya saat pers rilis di Mapolres Jember, Kamis, 7 November 2019, demikian mengutip Antara.

Dia menuturkan, korban Sugiono meninggal dunia karena kekerasan benda tumpul yakni korban dipukul dengan linggis di pipi dan rahang sebelah kiri hingga hancur, kemudian mengalami pendarahan hebat hingga sesak napas dan darah masuk ke pernapasan hingga korban meninggal dunia.

Berita selengkapnya baca di sini

12. Atap Sekolah Ambruk, Polisi Sebut Ada Faktor Lalai dan Korupsi

Kepolisian Daerah Jawa Timur menyebut insiden atap kelas SDN Gentong, Kota Pasuruan, Jawa Timur yang ambruk hingga menelan korban jiwa karena faktor kelalaian konstruksi bangunan gedung sekolah tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol, Frans Barung Mangera menuturkan, faktor tersebut didapat setelah tim laboratorium forensik menyelesaikan gelar perkara.

"Ada dua kasus yang ditemukan tim forensik dalam kasus tersebut. Pertama, soal kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dan luka-luka dan kasus tindak pidana korupsi," ujar dia kepada wartawan, seperti mengutip Antara, Jumat, 8 November 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Uang Belanja dengan Cara Tak Biasa, Unggahan Pria Ini Viral

Posted: 08 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dalam keluarga sosok suami akan selalu menjadi kepala keluarga, suami bertugas untuk menjadi pemimpin dan juga memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga. Baru-baru ini pria asal Malaysia bernama Ahmad Zakimi Abdullah, menjadi perbincangan warganet karena unggahannya di akun Facebook pribadinya.

Dalam unggahannya tersebut, Ahmad Zakimi ini memberikan uang belanja kepada sang istri dengan cara yang unik. Ia memberikan beberapa uang kertas dan menyertakan salah satu ayat Al-Quran, di secarik kertas yang ia letakan di atas meja makan keluarga.

 

Ahmad Zakimi juga menulis prinsip hidupnya pada unggahan tersebut, ia menuliskan bahwa, segala bentuk kebutuhan dalam rumah tangga memang sudah menjadi tanggung jawabnya. Ia bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan keluarganya tersebut.

"Semua makanan, pakaian, rumah, mobil-mobil, pendidikan anak-anak dan kebutuhan lain dari rumah tangga saya yang bertanggung jawab. Itu kewajiban. Itu juga prinsip saya," tulisnya.

Berkat foto yang ia unggah pada 6 November 2019 lalu, unggahan tersebut menjadi viral dan menjadi perbincangan warganet. Bahkan unggahan tersebut sudah disukai pengguna Facebook sebanyak 8 ribu lebih, dan sudah dibagikan sebanyak 10 ribu.

Warganet juga turut berkomentar dalam unggahan Ahmad Zakimi ini, "Semoga dimurahkan rezeki selalu," tulis akun Nrhidayah Khr.

1. Berlangsung Selama 18 Tahun

Sumber: Facebook

Surat romantis yang diberikan kepada istrinya tersebut, ternyata sudah dilakukan oleh Ahmad Zakimi selama 18 tahun. Bahkan, dari tahun ke tahun ia selalu menambahkan uang belanja sang istri tersebut sedikit demi sedikit.

"Setiap hari saya akan memberikan uang untuk memperlakukan keluarga kami untuk minum untuk keluarga kami. Dimulai dari 18 tahun yang lalu. Ya, itu adalah kehidupan suami untuk keluarga. Itulah tanggung jawab seorang suami sebagai kepala keluarga," tulisnya pada unggahannya tersebut.

2. Tidak Ingin Menggunakan Gaji Sang Istri

Sumber: Facebook

Dalam unggahnnya Ahmad Zakimi juga menuturkan bahwa, istrinya juga bekerja. Namun, ia melarang istrinya untuk menggunakan uang pribadi dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Pria asal Malaysia tersebut meyakini bahwa uang istrinya hanyalah untuk dipakai oleh sang istri, bukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Meski Ahmad Zakimi tidak memiliki cukup uang di dompetnya tapi, ia tetap berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan rumah tangganya.

Ia tidak ingin membiarkan istrinya tersebut menggantikan tanggung jawabnya dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

"Meskipun kadang-kadang saya 'kering', saya masih mencoba untuk memberikan belanja keluarga. Itulah tanggung jawab suami dan ayah kepada anak-anak. Wajah harus tenang," tulisnya.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Kevin / Marcus di Semifinal China Terbuka 2019, Siaran Langsung TVRI

Posted: 08 Nov 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bakal bertarung semifinal Fuzhou China Terbuka 2019. Pasangan ini jadi satu-satunya wakil Indonesia tersisa.

Kevin/Marcus sukses mantapkan langkah ke babak semifinal setelah mengalahkan ganda putra Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel dua gim langsung, 21-14 dan 21-19.

The Minions akan berhadapan dengan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Rankireddy/Shetty sukses menembus babak empat besar setelah mengandaskan perlawanan Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Rankireddy/Shetty kembali membuat kejutan. Sebelumnya pada Prancis Terbuka 2019, Rankireddy/Shetty menantang Kevin/Marcus di final. Namun, mereka belum bisa meruntuhkan dominasi Kevin/Marcus.

Dari catatan pertemuan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon unggul jauh 7-0.

Menurut Marcus Gideon, lawannya unggul secara postur. Itu menjadi kesulitan Kevin/Marcus kala meladeni perlawanan ganda putera Jerman tersebut.

"Penampilan lawan hari ini bagus, mereka nggak gampang mati, mereka banyak dapat poin dari servis. Postur mereka kan tinggi, jadi pengembaliannya tajam," ujar Marcus.

Berikut ini jadwal pertandingan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon versus Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Jadwal

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon lolos ke semifinal Denmark Open 2019. (Humas PP PBSI)

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon Vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (pertandingan kelima).

*Pertandingan pertama dimulai pada pukul 12.00 WIB

Live TVRI

 

Ahsan/Hendra Gagal

Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan (kiri) / Mohammad Ahsan (kanan) saat bertanding menghadapi Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto pada semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Sabtu (24/8/2019). Hendra / Ahsan melaju ke final. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Sementara itu, ganda putra Indonesia lainnya, Mohammad Ahsan/Hendra terhenti di perempat final Fuzhou China Open 2019. Mereka harus mengakui keunggulan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia).

Unggulan dua Fuzhou China Open 2019 tersebut menyerah 13-21, 20-22 di Haixia Olympic Sports Center, Jumat (8/11/2019).

Kekalahan ini melanjutkan penurunan kinerja selepas menembus final lima turnamen secara beruntun. Sebelum terpuruk di Fuzhou, Ahsan/Hendra terhenti di babak kedua French Open usai dikalahkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India).

Nasib Jonatan Christie

Jonatan Christie tersingkir pada babak perempat final Fuzhou China Terbuka 2019. (dok. PBSI)

Nasib serupa dialami tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Dia akhirnya harus tersingkir dari Fuzhou China Terbuka 2019. Dia gagal ke semifinal setelah kalah dari pemain Denmark, Anders Antonsen, 16-21 dan 11-21 di Haixia Olympic Sports Center, Jumat (8/11/2019).

Jonatan Christie tak berkutik pada gim pertama. Setelah sempat ketat pada awal pertandingan Jonatan tertinggal 8-15. Jonatan berusaha mengejar. Namun, ia terhenti di angka 16. Skor akhir gim pertama 21-16 untuk keunggulan Anders Antonsen.

Pada gim kedua, Jonatan kembali kalah start. Sempat tertinggal dua poin, Jonatan menyamakan skor menjadi 5-5. Jonatan berbalik unggul 7-6 namun kembali tertinggal.

Antonsen memimpin 10-8. Antonsen terus menjauh dengan poin 14, sementara Jonatan hanya menambah satu angka. Antonsen akhirnya menuntaskan laga dengan kemenangan 21-11.

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi/Editor Gregah Nurikhsani, Published 9/11/2019)

Saksikan Video Kevin/Marcus di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Pahlawan Nasional yang Baru Disahkan Jokowi

Posted: 08 Nov 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Melalui Keputusan Presiden Nomor 120 TK 2019 yang ditandatangani 7 November 2019, Jokowi tetapkan enam tokoh sebagai pahlawan nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil dengan Kaftan Emas, Ivanka Trump Disambut Pakai Rebana di Maroko

Posted: 08 Nov 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ivanka Trump jadi pusat perhatian saat menghadiri makam malam di istana kerajaan di Rabat bersama tuan rumah, Putri Lalla Meryem dari Maroko.

Putri Presiden Donald Trump tampak bersinar ketika tiba di kediaman kerajaan dengan gaun kaftan emas yang diperkirakan diciptakan oleh desainer lokal Fadila El Gadi, seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat, 8 November 2019.

Ibu tiga anak ini memandang tepat di rumah yang penuh hiasan dengan desain yang memesona. Pakaiannya dipadankan dengan nude hells sederhana, memastikan semua fokus tetap pada gaunnya yang bermanik-manik.

Gaun panjang itu menampilkan lipatan di sepanjang garis leher dan di bagian depan dan gaun itu memiliki sabuk bawaan untuk menjepit pinggang Ivanka dan memamerkan lekuk tubuhnya.

Untuk melengkapi penampilannya, penasihat Gedung Putih itu mengangkat rambut pirangnya ke atas, dan Ivanka menambahkan sepasang anting-anting mutiara besar sebagai sentuhan hingga berkilauan.

Tampaknya Ivanka Trump mendapatkan memo dress code malam itu, karena hiasan gaunnya hampir identik seperti siluet dengan gaun yang menakjubkan yang dikenakan oleh sang putri yang memilih desain biru, merah muda, dan emas.

Disambut Pakai Rebana

Ivanka Trump disambut pakai rebana saat berkunjung ke Maroko (Dok.Instagram/@ivankatrump/https://www.instagram.com/p/B4kmE_MhQKw/Komarudin)

Saat hadir di sebuah tempat di Maroko, Ivanka Trump terlihat senang saat sejumlah perempuan menyambutnya dengan alat musik rebana. Dalam foto yang ia bagikan lewat akun Instagram pribadinya, Ivanka tertawa. Di sana ia bertemu seorang perempuan Maroko yang berprofesi pengusaha properti.

"Sungguh menyenangkan bertemu wanita Maroko yang kuat ini, dan sekarang pemilik properti!," tulis Ivanka.

Di sana ia juga terlihat menjadi pembicara di Women's Global Development and Property Initiative (WGDP). W-GDP bertujuan untuk meningkatkan hak-hak hukum, produktivitas lahan dan kesempatan kerja bagi perempuan di Maroko, dan di seluruh dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jirayut Akan Populerkan Dangdut di Thailand usai Menang di Indonesian Dangdut Awards 2019

Posted: 08 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jirayut mengukir prestasi dengan meraih gelar Penyanyi Pendatang Baru Terpopuler di Indonesian Dangdut Awards (IDA) 2019. Penghargaan ini digelar dalam acara live Indosiar, Kamis (7/11/2019) malam.

Meskipun baru memiliki sebuah single, "Jambret Cinta" namun Jirayut berhasil menyingkirkan 3 saingannya Faul LIDA, Puput LIDA dan Sheyla LIDA.

Atas keberhasilannya itu, Jirayut berjanji akan memperkenalkan musik dangdut ‎ di negaranya, Thailand.

"Kalau pulang ke Thailand, Jirayut akan menyanyikan dangdut," ujar Jirayut di Studio 6 Emtek City, Jakarta Barat, Kamis (‎7/11/2019) malam. 

Mendalami Dangdut

Indonesian Dangdut Awards 2019 malam puncaknya digelar di Jakarta, Kamis (7/11/2019) malam

Apa yang dilakukan Jirayut semata-mata untuk lebih mendalami lagi musik dangdut yang kini digelutinya.

‎"Jirayut akan menyanyikan lagu dangdut Indonesia supaya bisa mendalami dangdut sih," ujar Jirayut.

Deg-degan

Indonesian Dangdut Awards 2019 malam puncaknya digelar di Jakarta, Kamis (7/11/2019) malam

Meski telah meraih penghagaan sebagai Penyanyi Pendatang Baru Terpopuler di Indonesia Dangdut Awards (IDA) 2019, hingga kini Jirayut masih tidak menyangka penghargaan itu didapatkannya.

"Deg-degan dan enggak nyangka, Jirayut kaget," kata pria asal Thailand ini.

Nyanyi dan Joged

Indonesian Dangdut Awards 2019 malam puncaknya digelar di Jakarta, Kamis (7/11/2019) malam

Buat Jirayut, ia sudah lama ingin menjadi seorang penyanyi profesional. Terlebih ia suka sekali bernyanyi dan berjoget.

"Memang dari dulu jirayut mau jadi penyanyi, karena suka nyanyi dan joget," kata jebolan Dangdut Academy Asia 4.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KKP dan Perum Perindo Kerjasama Majukan Industri Perikanan Indonesia

Posted: 08 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terus menjaring berbagai masukan dari stakeholders untuk membangun industri kelautan dan perikanan ke depan.

Sejalan dengan itu, Menteri Edhy menerima kunjungan jajaran direksi Perum Perindo di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama Perum Perindo Farida Mokodompit menceritakan, Menteri Edhy ingin agar Perindo melihat peluang yang ada untuk bekerjasama dengan KKP memajukan industri kelautan dan Perikanan Indonesia.

Salah satunya, mengembangkan penyediaan benih untuk budidaya perikanan. Hal ini mengingat kondisi lapangan di mana masih banyak pembudidaya yang mengeluhkan tentang harga pakan yang mahal sehingga memberatkan usaha mereka.

Saat ini, Perindo memiliki pabrik pakan ikan dan pakan udang dengan produksi 30 ton/jam di Subang, Jawa Barat. Farida menyampaikan, Perindo juga masih memiliki lahan yang dapat digunakan utnuk pengembangan sektor budidaya.

Menteri Edhy mengarahkan agar Perum Perindo mengembangkan benih pakan yang memperhatikan kebutuhan para pembudidaya. Ia mengatakan, hal ini akan menghidupkan usaha budidaya yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Dengan begitu, kedua belah pihak pun akan sama-sama diuntungkan.

"Jangan diperes karena mereka itu harus hidup. Jangan juga mereka diwadahi, sementara mereka tidak bisa tumbuh. Dengan pertumbuhan mereka semakin besar, semakin banyak yang mereka bisa perbuat," ujar dia dalam keterangannya, Sabtu (9/11/2019).

 

Mengedepankan Pemberdayaan Masyarakat

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan restocking 50.000 ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring. (Foto: KKP)

Menteri Edhy mengatakan, sudah sewajarnya BUMN sebagai tangan kanan negara berperan mengedepankan pemberdayaan masyarakat, di samping mengejar laba perusahaan semata.

"Memang ini kelebihan kita BUMN. Kalian menjalankan Undang-Undang BUMN yaitu untuk men-trigger ekonomi. Selain itu, menyerap lapangan pekerjaan," ucap Menteri Edhy.

Ia mengatakan, KKP terbuka untuk bekerja sama dengan Perindo dalam program-program yang sejalan. Meskipun begitu, ia menekankan agar Perindo bekerja secara profesional dan tidak melimpahkan pekerjaan tersebut kepada subkontraktor.

"Tapi kami mau profesional loh, jangan nanti disubkon. Boleh kalian memberdayakan pembudidaya di daerah yang kualitasnya bagus, tapi jangan ditinggal begitu saja dan terima beres. Kalian advokasi, pengawasan langsung ke lokasi," pintanya.

 

Optimalkan Pasar Ikan Modern

Edhy Prabowo (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selanjutnya, Menteri Edhy juga mengingatkan agar Perindo terus mengoptimalkan operasionalisasi Pasar Ikan Modern yang telah dibangun di sejumlah kota di Indonesia.

"Saya mau Pasar Ikan Modern itu benar-benar bermanfaat. Selain untuk mengakomodir pasar ikan dari lapangan, juga bisa dimanfaatkan untuk kuliner," katanya.

Ia menekankan agar pusat kuliner (food court) yang menjadi salah satu fasilitas PIM diperhatikan kebersihannya. Dengan begitu, diharapkan PIM dapat menarik minat semakin banyak pengunjung.

Sementara itu Direktur Jenderal PDSPKP Agus Suherman menambahkan, saat ini Perindo merupakan pihak pengelola PIM Muara Baru, Jakarta Utara. PIM yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Maret 2019 ini dan diserahkan pengelolaanya kepada Perindo sejak 14 Agustus 2019 melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara KKP dan Perindo.

PIM Muara Baru yang dibangun KKP ini terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Selain itu, PIM juga dilengakapi oleh fasilitas pendukung lainnya yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL), klinik, ATM, ruang pertemuan dan masjid.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia Vs Malaysia, Laga Tanpa McMenemy

Posted: 08 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali menelan malu dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Terbaru, Tim Garuda takluk melawan Vietnam di kandang sendiri, Selasa (15/10/2019).

Kekalahan itu merupakan yang keempat dalam ajang ini. Sebelumnya Timnas Indonesia takluk melawan Malaysia, Thailand, dan UEA.

Meski demikian langkah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 masih berlanjut. Mereka harus menjalani empat laga tersisa.

Terdekat timnas Indonesia harus melawat ke markas Malaysia. Laga akan digelar 19 November 2019 mendatang sekaligus bakal menjadi ujian terakhir bagi pelatih Simon McMenemy.

Berikut jadwal timnas Indonesia selanjutnya:

 

Jadwal

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memeluk Beto Goncalves, usai ditaklukkan Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

19 November 2019, Malaysia Vs Indonesia

26 Maret 2020, Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020, Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020, Vietnam Vs Indonesia

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Hutan di Australia, 100 Rumah Hangus dan Dua Orang Tewas

Posted: 08 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Melbourne - Dua orang dilaporkan tewas dan 100 rumah hancur karena kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Australia bagian timur, kata pihak berwenang, Sabtu (9/11/2019).

Dikutip dari Channel News Asia, Perdana Menteri New South Wales, Gladys Berejiklian mengatakan bahwa ketika petugas pemadam kebakaran berusaha menahan kobaran api, si jago merah semakin tak terkendali dan 'mengamuk' di negara bagian itu sejak Jumat.

"Saya minta maaf untuk menyampaikan bahwa angka dapat meningkat pada siang hari," katanya mengenai korban tewas. Ia menambahkan, menurut ramalan cuaca, sesuatu yang lebih buruk mungkin tidak akan terjadi.

Layanan darurat mengatakan mereka telah menemukan satu orang di dalam mobil dan seorang wanita lain meninggal, meskipun petugas medis berjuang selama beberapa jam untuk menyelamatkannya.

"Pada tahap ini, tampaknya setidaknya 100 rumah telah hancur dalam kebakaran kemarin," kata petugas pemadam kebakaran pada Sabtu pagi.

Sementara itu, lebih dari 30 orang terluka, kebanyakan dari mereka merupakan petugas pemadam kebakaran.

 

Kebakaran Melanda Beberapa Negara Bagian

Ilustrasi kebakaran.

Kejadian tersebut diduga menjadi salah satu musim kebakaran terburuk di Australia, di mana beberapa bagian negara itu menghadapi kekeringan terburuk selama ini.

Pada Jumat kemarin, otoritas NSW mengeluarkan catatan jumlah peringatan darurat, dengan 17 kebakaran dinyatakan berada pada tingkat darurat karena angin kencang dan kondisi kering membuat api menyebar dengan cepat.

Pada Sabtu pagi, ada enam kebakaran tingkat darurat terbakar di NSW, dengan total lebih dari 70 kebakaran di seluruh negara bagian.

Di bagian utara Queensland, ribuan penduduk dari wilayah Sunshine Coast harus bermalam di pusat-pusat evakuasi, setelah otoritas kebakaran menyuruh mereka pergi.

Layanan Kebakaran & Darurat Queensland menyatakan bahwa satu kebakaran terjadi pada tingkat darurat pada Sabtu pagi.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan sejumlah besar kebakaran itu sangat memprihatinkan. Dia mendesak warga untuk tetap aman dan mendengarkan layanan darurat.

"Saya mendapat pembaruan rutin dan kami siap menawarkan bantuan apa pun yang diperlukan," tulis Morrison dalam akun Twitternya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kedekatan Komika Kiki Saputri dan Reza Rahadian, Bikin Baper Netizen

Posted: 08 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta stand up comedy, pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Kiki Saputri. Komika Kiki Saputri mencuri perhatian publik lantaran dirinya pernah roasting Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, dalam sebuah acara di stasiun televisi nasional.

Roasting sendiri merupakan istilah yang berarti melontarkan lawakan yang bertujuan meledek orang yang menjadi sasaran. Tak hanya Fadli Zon, beberapa tokoh pun pernah jadi sasaran lawakan mahasiswi Universitas Negeri Jakarta ini.

Baru-baru ini Kiki Saputri kembali menghebohkan publik dengan unggahan video di Instagaram-nya yang sedang bermesraan dengan aktor tampan, Reza Rahadian. Dalam video yang diunggah Jumat (9/11/2019), aktor 32 tahun tersebut terlihat mencium pipi komika jebolan Stand Up Comedy Academy (SUCA) 4 Indosiar.

Hal ini langsung sukses membuat netizen iri dan baper. Tak sedikit juga yang melontarkan lawakan-lawakan di kolom komentar Kiki. Ternyata ini bukan pertama kalinya Kiki mengunggah kedekatannya dengan Reza.

Berikut 6 potret kedekatan Kiki Saputri dan Reza Rahadian yang Liputna6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/11/2019).

1. Netizen tak menyangka jika Reza akan mendaratkan bibirnya ke pipi Kiki. Tak lama, Kiki pun membalasnya dengan mencium pipi Reza.

Kedekatan Kiki Saputri dan Reza Rahadian (sumber: instagram/kikysaputrii)

2. Tak sedikit netizen yang melontarkan komentar lucu "Ini pasti filter baru Instagram"

Kedekatan Kiki Saputri dan Reza Rahadian (sumber: instagram/kikysaputrii)

3. Kedekatan komika ini dengan Reza Rahadian terjalin karena berada dalam project film yang sama.

Kedekatan Kiki Saputri dan Reza Rahadian (sumber: instagram/kikysaputrii)

4. Kiki dan Reza sama-sama terlibat dalam project film berjudul Imperfect karya Ernest Prakasa.

Kedekatan Kiki Saputri dan Reza Rahadian (sumber: instagram/kikysaputrii)

5. Kedekatan dan kekonyolan keduanya tak hanya berlangsung saat syuting saja.

Kedekatan Kiki Saputri dan Reza Rahadian (sumber: instagram/kikysaputrii)

6. Gemas banget ya kedekatan Kiki Saputri dan Reza Rahadian ini, bikin iri.

Kedekatan Kiki Saputri dan Reza Rahadian (sumber: instagram/kikysaputrii)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Renault Manfaatkan Baterai Bekas Mobil Listrik

Posted: 08 Nov 2019 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik digadang-gadang akan menjadi transportasi masa depan ramah lingkungan. Minimnya emisi yang dihasilkan menjadi jawaban atas masalah polusi yang telah menjadi isu global.

Namun, kendaraan listrik tetap tidak terhindar dari masalah limbah. Pengolahan baterai bekas masih menjadi perbincangan.

Apabila tidak diolah dengan tepat maka limbah baterai dapat menumpuk dan menimbulkan masalah lingkungan yang baru.

Pabrikan otomotif asal Prancis, Renault, nampaknya telah menaruh perhatian terhadap permasalahan ini.

Dilansir Autoevolution, alih-alih membuang baterai yang sudah tidak digunakan, Renault memanfaatkan kembali baterai bekas kendaraan listriknya sebagai baterai untuk perahu listrik.

Dijuluki Black Swan, tahun depan perahu ini akan beroperasi di sungai Seine, Paris.

Black Swan dibuat menggunakan badan perahu milik perusahaan Italia, Tullio Abbate. Baterai bekas tersebut akan digunakan untuk menjalankan motor elektrik 20 kW pada Black Swan.

 

Kemampuan

Membutuhkan waktu pengisian daya antara dua sampai tiga jam, diperkirakan perahu listrik ini dapat digunakan selama dua jam.

Proyek ini merupakan kerja sama antara Renault, Seine Alliance, dan Green-Vision yang berfokus pada mesin penggerak elektrik.

Seine Alliance berencana untuk membuat seluruh armada perahu yang berada di sungai Seine menjadi elektrik di tahun 2024.

Penulis: Khema Aryaputra

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teror Panah Wayer Bikin Resah Warga Gorontalo

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

 

Liputan6.com, Gorontalo - Teror panah wayer yang  kerap terjadi di Gorontalo belakangan ini membuat warga resah. Bahkan teror itu membuat warga takut keluar rumah, terlebih di malam hari. Meski tak jarang pelaku tertangkap, namun nyatanya teror ini masih sering terjadi di Gorontalo, bahkan pelakunya banyak dari kalangan pelajar. 

Panah wayer sendiri merupakan anak panah yang terbuat dari besi, diruncingkan bagian ujungnya. Biasanya dibuat dari jeruji sepeda motor, yang ditembakkan seperti ketapel. Teror ini tidak memandang korban, dan tak jelas tujuannya. 

Melihat lambannya pihak kepolisian merespons apa yang terjadi di lapangan, masyarakat menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Wali Kota Gorontalo pada Jumat kemarin (8/11/2019). Mereka menuntut penyelesaian sejumlah persoalan teror panah wayer yang sering terjadi di daerah mereka.

Pian Hamza, orator aksi menyampaikan, gerakan mereka hari ini semata-mata menuntut Pemerintah Kota Gorontalo untuk menindak tegas para pelaku teror panah wayer yang sudah meresahkan masyarakat Gorontalo. 

Massa menuntut agar Pemerintah Kota Gorontalo mendorong DPRD setempat membuat peraturan daerah dalam memberikan sanksi kepada pelaku panah wayer.

"Karena kami masyarakat, baik penduduk asli daerah maupun dari luar daerah sudah tidak merasa aman lagi ketika beraktivitas di Kota Gorontalo," kata Pian Hamza.

Selain itu, pada aksi damai tersebut, massa meminta kepada Pemerintah Kota Gorontalo untuk melakukan sosialisasi dan penguatan kepada siswa agar tidak melakukan tindak kriminal. Juga meminta pemerintah dapat memaksimalkan kembali peran petugas pos kamling di setiap wilayah di Kota Gorontalo.

"Kami minta juga ada razia besar-besaran di Kota Gorontalo, sampai kasus panah wayer ini benar-benar hilang. Sebab kami para mahasiswa sudah takut keluar malam. Kendati kami mahasiswa banyak keluar malam untuk mengerjakan tugas kuliah," ungkap Pian Hamza.

Sementara itu, di depan massa aksi, Wakil Wali Kota Gorontalo, Rian F Kono mengatakan, saat ini pemerintah sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk sama-sama memberantas kasus panah wayer yang sudah banyak memakan korban.

Pihaknya juga akan melakukan pembinaan kepada siswa di Kota Gorontalo, untuk menghindari perbuatan kriminal. Terutama panah wayer.

"Saya sangat bangga dengan teman-teman mahasiswa dan pemuda yang masih peduli situasi keamanan di Kota Gorontalo. Saya harap kita bersama-sama akan memberantas hal ini. Kami sudah membuat rapat dengan lembaga pemerintah lainnya untuk bagaiman kasus ini bisa dihilangkan di Kota Gorontalo," kata Rian

 

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri Ride Hailing Ternyata Masih Jadi Beban Softbank

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, SoftBank mengaku menderita kerugian setelah salah investasinya di WeWork ternyata tidak sesuai harapan. Nilai startup asal Amerika Serikat itu nyatanya menukik tajam.

Selain WeWork, startup lain yang sebenarnya juga masih menjadi beban SoftBank Vision Fund adalah perusahaan yang bergerak di bidang ride hailing. Untuk diketahui, SoftBank sendiri dikenal sebagai investor Grab, Didi Chuxing, dan Uber.

Dikutip dari Nikkei Asian Review, Sabtu (9/11/2019), investasi SoftBank pada startup ride hailing ternyata memberatkan. Sebab, dengan investasi mencapai 30 persen dari portofolio, nilai kehilangan yang belum terealisasi mencapai USD 300 juta pada akhir September.

 

Oleh sebab itu, SoftBank Vision Fund selalu memeriksa ulang target penilaian setiap kuartal. Di sisi lain, persaingan di bidang ride hailing yang kian sulit membuat perusahaan kepayahan memperoleh keuntungan.

Selain itu, meski sempat bermasalah, dana yang dikucurkan untuk WeWork atau di bidang real estate tidak sebesar ride hailing. Menurut informasi, investasi di bidang real estate ini hanya sepertiga dari transportasi dan logistik.

Oleh sebab itu, kerugian besar yang dialami SoftBank dari bidang real estate tidak terlalu berpengaruh bagi dana secara keseluruhan. Namun ada kemungkinan hal berbeda dapat terjadi, apabila sektor ride hailing yang bermasalah.

Kondisi berbeda terjadi pada bidang layanan yang ternyata tumbuh dengan baik. Salah satunya ditunjukkan dengan layanan Oyo Hotel & Homes yang saat ini mengoperasikan 1,2 juta kamar di seluruh dunia.

Selain Oyo, keberhasilan juga kemungkinan datang dari aplikasi media sosial TikTok. Alasannya, aplikasi milik ByteDance Technology tempat SoftBank berinvestas ini berencana mulai melakukan initial public offering (IPO).

SoftBank Kucurkan Dana Segar Rp 28 Triliun untuk Grab di Indonesia

Menko bidang Maritim Luhut Panjaitan bersama Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son (tengah), CEO Grab Anthony Tan dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kanan) memberikan keterangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, SoftBank Group Corp akan menyuntikkan dana segar USD 2 miliar atau berkisar Rp 28 triliun (asumsi kurs Rp 14.028 per USD 1) untuk bisnis Grab di Indonesia. Perusahaan menyampaikan rencananya itu kepada pemerintah Indonesia pada hari ini, Senin (29/7/2019).

"Kami sudah berinvestasi sebesar USD 2 miliar di Indonesia. Akan kembali berinvestasi sebesar USD 2 miliar, Menteri Luhut (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan) meminta saya untuk meningkatkan investasi. Jadi saya akan melakukannya," ungkap CEO Softbank Group, Masayoshi Son, di Istana Merdeka Jakarta, Senin (29/7/2019).

Investasi tersebut termasuk di dalamnya pembangunan kantor pusat keduanya di Indonesia. Namun, sejauh ini belum ditentukan wilayah untuk kantor pusat baru Grab tersebut.

"Kami akan membangun kantor pusat kedua di Indonesia. Selain investasi baru USD 2 miliar melalui Grab, kami akan berinvestasi lebih banyak lagi di Indonesia," tutur Masayoshi.

Ditambahkan Luhut, investasi Softbank untuk Grab di Indonesia kemungkinan juga akan ditambah USD 1 miliar lagi.

Kucuran dana USD 2 miliar merupakan gelombang investasi kedua Softbank untuk Grab di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan konglomerasi tersebut juga telah berinvestasi sebesar USD 2 miliar.

"Sekarang sudah USD 2 miliar, lalu Softbank tambah lagi USD 2 miliar. Namun, Softbank akan menambah lagi bilang ke presiden, mungkin USD 1 miliar. Jadi ada USD 5 miliar dalam lima tahun ke depan," kata Luhut.

Namun untuk tambahan USD 1 miliar ini, pihak Softbank masih akan mengkajinya terlebih dahulu. "Saya akan pelajari dulu," sambung Masayoshi.

Perkuat Bisnis Grab di Indonesia

Presiden Direktur SoftBank Masayoshi Son (ketiga kiri) bersama CEO Grab Anthony Tan, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/7/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ditambahkan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, investasi baru ini semakin menguatkan bisnis Grab di Indonesia.

Selain kantor pusat baru, katanya, investasi USD 2 miliar juga untuk pengembangan berbagai produk seperti Grab Food, serta Riset dan Pengembangan (R&D) untuk berbagai pengembangan layanannya.

Untuk kantor baru, Ridzki belum bisa memberikan kepastian waktunya. "Timeline-nya akan dibicarakan dengan pak Luhut. Tadi kami sudah setuju dengan pak Presiden juga, serta ini ide pak Luhut membuka kantor pusat baru di Indonesia, dan menjadikan Grab sebagai unicorn di Indonesia," jelasnya.

Secara keseluruhan, investasi ini akan membantu Grab memperluas pasar di Indonesia. Dalam hal ini termasuk rencana kehadiran sejumlah layanan baru, seperti di bidang kesehatan.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2019: Masih Sengit Berebut Peringkat Ketiga

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Valencia - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mampu finis kedua di MotoGP Malaysia 2019, yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Minggu (3/11/2019). Hasil itu membuat dia memecahkan rekor poin Jorge Lorenzo di klasemen MotoGP kala menjadi juara dunia 2010.

Marquez sendiri telah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2019 ketika balapan di Sirkuit Buriram, Thailand bulan lalu. Kini, pencapaian Marquez melampui Lorenzo setelah mengoleksi 395 poin usai MotoGP Malaysia 2019.

Lorenzo ketika menjadi juara dunia MotoGP 2010 mendulang 383 poin. Sementara itu, pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, finis terdepan di MotoGP Malaysia, Minggu (3/11/2019).

Usai kemenangan itu membuat Maverick Vinales menduduki posisi ketiga dengan koleksi 201 poin. Andrea Dovizioso dari Ducati masih menempati peringkat kedua dengan mengumpulkan 258 poin hingga balapan MotoGP Malaysia digelar.

Di urutan keempat terdapat pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, dengan 194 poin. Kemudian rekan setim Dovizioso di Ducati, Danilo Petrucci berada di posisi kelima dengan torehan 176 poin. Vinales, Rins, dan Petrucci masih bersaing sengit dalam berebut peringkat ketiga klasemen MotoGP 2019. 

Klasemen MotoGP

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, sudah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2019. (AFP/Mohd Rasfan)

Berikut klasemen sementara MotoGP 2019 usai Seri Malaysia

Klasemen Pembalap

Marc Marquez - Honda - 395 poin

Andrea Dovizioso - Ducati - 256

Maverick Vinales - Yamaha - 201

Alex Rins - Suzuki - 194

Danilo Petrucci - Ducati - 176

Fabio Quartararo - Yamaha - 172

Valentino Rossi - Yamaha - 166

Jack Miller - Ducati - 149

Cal Crutchlow - Honda - 133

Franco Morbidelli - Yamaha - 115

Pol Espargaro - KTM - 94

Joan Mir - Suzuki - 83

Takaaki Nakagami - Honda - 74

Aleix Espargaro - Aprilia - 56

Francesco Bagnaia - Ducati - 54

Andrea Iannone - Aprilia - 43

Miguel Oliveira - KTM - 33

Johann Zarco - Honda - 30

Jorge Lorenzo - Honda - 25

Tito Rabat - Ducati - 18

Stefan Bradl - Honda - 16

Michele Pirro - Ducati - 9

Hafizh Syahrin - KTM - 8

Sylvain Guintoli - Suzuki - 7

Karel Abraham - Ducati - 7

Mika Kallio - KTM - 3

Jadwal MotoGP Valencia

Jadwal MotoGP Valencia Spanyol 2019

Jumat 15 November 2019

15:00 - 15:40, FP1 Moto3

15:55 - 16:40, FP1 MotoGP

16:55 - 17:35, FP1 Moto2

19:15 - 19:55, FP2 Moto3

20:10 - 20:55, FP2 MotoGP

21:10 - 21:50, FP2 Moto2

Sabtu 16 November 2019

15:00 - 15:40, FP3 Moto3

15:55 - 16:40, FP3 MotoGP

16:55 - 17:35, FP3 Moto2

18:35 - 18:50, Q1 Moto3

19:00 - 19:15, Q2 Moto3

19:30 - 20:00, FP4 MotoGP

20:10 - 20:25, Q1 MotoGP

20:35 - 20:50, Q2 MotoGP

21:05 - 21:20, Q1 Moto2

21:30 - 21:45, Q2 Moto2

Minggu 17 November 2019

14:20 - 14:40, WU Moto3

14:50 - 15:10, WU Moto2

15:20 - 15:40, WU MotoGP

17:00, Race Moto3

18:20, Race Moto2

20:00, Race MotoGP

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan Siang Sendiri Diklaim Bisa Bikin Kerja Lebih Produktif

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang umumnya akan dipandang menyedihkan ketika makan siang di meja sendirian.

Tetapi baru-baru ini Wall Street Journal menyoroti penelitian yang menunjukkan bahwa karyawan merasa lebih baik ketika bekerja atau makan sendirian daripada beramai-ramai.

Penelitian yang dibuat oleh Rottman School of Management ini menganalisis bagaimana 103 karyawan menghabiskan waktu makan siang mereka.

Seperti melansir dari CNBC, Rabu (6/11/2019), kesimpulan dari penelitian tersebut adalah karyawan yang menyelesaikan makan siang sendiri merasa lebih santai. Walaupun biasanya karyawan yang makan sendiri dilakukan sekaligus melanjutkan pekerjaan.

Sementara karyawan yang memilih untuk bersosialisasi selama istirahat merasa sedikit lebih lelah. Namun sejauh ini situasi yang paling menguras energi adalah ketika para karyawan harus berpartisipasi dalam makan siang bersama.

Walaupun makan sendiri membuat lebih produktif, mengambil jeda dari melakukan pekerjaan adalah cara yang tepat untuk tetap fokus.

Menurut penelitian, bekerja tanpa henti selama 90 hingga 120 menit dengan istirahat 20 hingga 30 menit adalah waktu yang ideal untuk mempertahankan fokus dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan efisien.

Bill Gates dan Ray Dalio sempat mengatakan bahwa meditasi beberapa menit sehari dapat meningkatkan kreativitas, pengambilan keputusan, dan fokus menjadi lebih baik.

Para pemimpin bisnis mengaku lebih suka menghabiskan waktu sendirian dengan cara yang lebih aktif. Meskipun tidak semua orang menyukai kesendirian, hal tersebut dapat menjadi kunci untuk pandai mengatur waktu dan menyesuaikan suasana hati.

Reporter: Chrismonica

Jangan Resign, Ini Tips Kerja di Kantor yang Toxic

Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Kata toxic dan burnout sedang populer di dunia kerja zaman sekarang. Tempat kerja yang toxic terutama bisa membuat pegawai kelelahan, depresi atau sakit.

Dilansir dari The Ladders, toxic dalam konteks dunia kerja adalah kondisi kantor yang tidak ideal, seperti bullying, kurangnya kepercayaan, tidak menghargai, dan bermacam jenis hal negatif lain. Efeknya tidak cuman merugikan fisik pegawai, tetapi juga secara kondisi internal.

Solusi melawan tempat kerja toxic pastinya adalah pindah kerja. Akan tetapi, tidak semua orang bisa begitu saja langsung pindah kerja.

Ada beberapa cara untuk meredakan efek negatif dari tempat kerja toxic. Untuk itu beberapa hal yang perlu dilakukan mulai dari sebelum kerja, saat kerja, dan sesudah pulang kerja.

Dan berikut tips menghadapi tempat kerja toxic seperti yang dirangkum dari The Ladders.

Sebelum kerja

ilustrasi perempuan bekerja/Photo by mentatdgt from Pexels

1. Jangan cek email sebelum kerja

Kemungkinan segala hal terkait kerja bisa memberikan mindset negatif. Jika sebelum berangkat sudah mengecek email kerja, otomatis kamu akan menghabiskan waktu lebih lama dengan mindset negatif.

2. Awali hari dengan mengingat kemenangan kecil

Mengingat "kemenangan kecil" seperti olaharga atau pulang tepat waktu bisa melatih otak untuk mendapatkan kemenangan lebih banyak. Rutinitas itu membuat pikiran lebih fokus ke yang positif ketimbang negatif. Jangan lupa merapikan kasur karena memberikan rasa kerapihan.

3. Buat daftar syukur

Tulis keuntungan-keuntungan positif yang kamu dapat di tempat kerja. Ini juga membantu memberi mood positif serta mencegah otak terus-terusan beperkir negatif.

Ketika bekerja

Ilustrasi bekerja. Sumber foto: unsplash.com/Icons8 Team.

1. Jauhi rekan kerja yang membuat konflik

Jika kamu sadar teman kerja mana yang memicu pertikaian, menyingkirlah dari mereka. Konflik-konflik mereka menyebabkan stres dan membawa ke negativitas tempat kerja.

2. Cari teman

Kehadiran teman menciptakan support system untuk saling berbagi perasaan dengan cara yang produktif. Mereka bisa membuat tempat kerja serasa tidak terlalu toxic.

3. Dokumentasikan segalanya

Siapkan perekaman dari interaksi yang positif dan negatif. Ini bisa berfungsi sebagai barang bukti jika kamu melaporkan kelakukan toxic seseorang ke pihak yang berwenang.

4. Tingkatkan kualitas diri

Pelajarilah sebuah skill baru. Selain menambah ilmu, menambah skill juga menyiapkan diri untuk peluang kerja di masa yang akan depan.

5. Belajar mengganti cara berpikir

Ketika berhadapan dengan interaksi negatif, cobalah pikirkan itu sebagai pengalaman belajar. Memandang sesuatu secara positif bisa mengurangi stres karena itu mengurangi kadar emosi yang kamu berikan dalam interaksi itu.

Cobalah tarif napas sebelum merespons sesuatu yang negatif. Beberapa detik itu bisa membantu pikiran agar fokus untuk mendapat hasil positif.

6. Ciptakan ruang kerja yang positif

Sebuah ruang kerja yang positif bisa membuatmu merasa aman di tengah kekacauan lingkungan kerja yang toxic. Melakukan personalisasi ruang kerja, seperti meja atau bilik, akan memberikan rasa kepemilikan sehingga membuat merasa lebih terkontrol.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Senyum Mantan Presiden Brasil Ketika Bebas dari Penjara

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva tersenyum setelah dibebaskan di Curitiba, Brasil, (8/11/2019). Seorang hakim memerintahkan pembebasannya setelah putusan Mahkamah Agung bahwa terdakwa hanya boleh dipenjara jika mereka telah kehabisan opsi banding mereka. (AFP Photo/Carl De Souza)

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva tersenyum setelah dibebaskan di Curitiba, Brasil, (8/11/2019). Seorang hakim memerintahkan pembebasannya setelah putusan Mahkamah Agung bahwa terdakwa hanya boleh dipenjara jika mereka telah kehabisan opsi banding mereka. (AFP Photo/Carl De Souza)

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva tersenyum sambil mengaruk kepalanya setelah dibebaskan di Curitiba, Brasil, (8/11/2019). Mantan presiden yang kini berusia 74 tahun itu, pemimpin Brasil selama 2003 hingga 2010, dipandang sebagai ikon kiri di negara itu. (AFP Photo/Carl De Souza)

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva tersenyum sambil mengaruk kepalanya setelah dibebaskan di Curitiba, Brasil, (8/11/2019). Mantan presiden yang kini berusia 74 tahun itu, pemimpin Brasil selama 2003 hingga 2010, dipandang sebagai ikon kiri di negara itu. (AFP Photo/Carl De Souza)

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva dipeluk putrinya Lurian Cordeiro da Silva ketika ia keluar dari markas Polisi Federal di Curitiba, Brasil (8/11/2019). Lula adalah satu dari ribuan napi yang diuntungkan dari putusan tersebut. (AP Photo/Leo Correa)

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva dipeluk putrinya Lurian Cordeiro da Silva ketika ia keluar dari markas Polisi Federal di Curitiba, Brasil (8/11/2019). Lula adalah satu dari ribuan napi yang diuntungkan dari putusan tersebut. (AP Photo/Leo Correa)

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva berbicara kepada para pendukung setelah ia dibebaskan dari penjara di mana ia dipenjara atas tuduhan korupsi di Curitiba, Brasil (8/11/2019). (AP Photo/Leo Correa)

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva berbicara kepada para pendukung setelah ia dibebaskan dari penjara di mana ia dipenjara atas tuduhan korupsi di Curitiba, Brasil (8/11/2019). (AP Photo/Leo Correa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Delon Lepas Status Duda dengan Menikahi Aida Chandra

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Delon telah melepas status duda dengan menikahi kekasihnya, Aida Chandra. Pemberkatan telah dilakukan pada Jumat (8/11/2019) berbarengan dengan prosesi adat sangjit.

Melalui akun Instagramnya, istri Delon ini mengunggah momen bahagia di hari pernikahannya itu. "Mr dan Ms Delon Thamrin," tulis Aida pada Sabtu (9/11/2019).

Dalam fotonya, Aida Chandra tampak anggun mengenakan gaun pengantin berwarna putih. Ia juga menyempurnakan penampilannya dengan head piece berwarna senada.

 

Gagah

[Foto: Instagram Aida Chandra]

Delon sendiri tampak gagah mengenakan tuxedo berwarna abu-abu yang dipadu dengan kemeja putih. Keduanya tersenyum bahagia ke arah kamera.

Selain memamerkan cincin pernikahan, Delon juga memperlihatkan surat pernikahan yang dikeluarkan oleh Disduk Capil Jakarta Barat.

Resepsi

[Foto: Instagram Aida Chandra]

Sehari setelah pemberkatan, keduanya akan menggelar resepsi pernikahan di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019). Keluarga besar dan sahabat dekat tentu akan hadir di momen bahagia ini.

Bagai yang Pertama

Delon dan Aida Chandra (Daniel Kampua/© Fimela.com)

Sementara itu, meski ini merupakan pernikahan kedua, namun Delon masih merasa cemas. Sebab, ia menganggap pernikahannya dengan Aida Chandra sebagai pernikahan yang pertama.

"Pasti deg-degan ya, seperti gempa haha. Saya maunya ini pernikahan yang pertama dan yang terakhir," ucap Delon, di Wong Hang Tailor Grand Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Tak Mau Mengingat

Delon seolah tak ingin mengingat kembali pernikahannya terdahulu bersama Yeslin Wang. Itulah mengapa ia menggap Aida sebagai cinta sejatinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kilas Balik Runtuhnya Tembok Berlin di Jerman, Warga Rayakan Penyatuan

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Berlin - Sejak Agustus 1961 sampai November 1989, Tembok Berlin memisahkan kota menjadi dua bagian selama 28 tahun, 2 bulan, dan 27 hari. Gerbang Brandenburg lama menjadi simbol perpecahan Jerman.

Dulunya, lokasi ini tidak bisa dikunjungi warga biasa. Setelah Tembok Berlin dirobohkan pada 9 November 1989, penduduk Jerman sekarang bisa pergi ke mana saja tanpa hambatan. Demikian seperti dikutip dari DW Indonesia, Sabtu (9/11/2019).

Tembok Berlin bukanlah satu dinding, melainkan dua dinding paralel berjarak 100 meter. Di antara kedua dinding itu, ada tanah tak bertuan yang disebut garis kematian.

Segmen Tembok Berlin sepanjang 80 meter, termasuk menara penjaga, direkonstruksi dan sekarang menjadi monumen. Inilah tugu peringatan dan penghormatan kepada para korban yang tewas selama Perang Dunia II di sekitar Tembok Berlin.

Tembok Berlin kini sudah lenyap hampir di seluruh kota. Berlin Timur dan Barat sudah menyatu menjadi ibu kota Jerman dewasa ini. Di pusat Berlin bahkan ada garis yang dibuat dari batu besar untuk menandai di mana Tembok Berlin dulu berdiri.

Pos Pengawasan Checkpoint Charlie

Karya-karya seni eksibisi Art Liberte, eksibisi keliling pertama dalam rangka peringatan 30 tahun runtuhnya tembok Berlin dipamerkan di ruang terbuka Kota Plovdiv, menjelang acara penobatan Plovdiv sebagai Ibu Kota Budaya Eropa (AP)

Checkpoint Charlie dulunya adalah tempat penyeberangan dari Berlin Barat ke Berlin Timur yang paling terkenal. Hanya warga asing dan diplomat yang diizinkan melintasi pos pemeriksaan ini.

Pada Oktober 1961, tak lama setelah Tembok Berlin dibangun, tank-tank Soviet dan Amerika sempat berhadap-hadapan hampir saling serang.

Selain itu, ada pula The Palace of Tears yang menjadi tempat perpisahan yang penuh air mata, saat ratusan orang melintasi pos perbatasan di stasiun Friedrichstrasse untuk meninggalkan Jerman Timur menuju Berlin Barat. Kini pengunjung dapat berjalan melalui bilik asli tempat paspor diperiksa.

Bergeser dari The Palace of Tears, ada Hohenschönhausen, bekas penjara Stasi yang sudah menjadi monumen peringatan bagi para korban kediktatoran komunis sejak 1994.

Pengunjung diberi tahu tentang kondisi tahanan dan metode interogasi di Jerman Timur yang komunis. Pemimpin tur ini adalah mereka yang pernah menjadi narapidana pada masa tersebut.

Stasiun Teufelsberg

Blutfahne adalah bendera Nazi Jerman yang disebut-sebut terpercik darah para pejuang Hitler yang tewas saat memberontak melawan pemerintah Jerman sebelum Nazi. (Sumber Wikimedia Commons)

Usai Perang Dunia II, daerah ini digunakan untuk menyimpan puing-puing peperangan yang dikumpulkan di wilayah tertinggi Berlin Barat.

Selama Perang Dingin, Badan Keamanan Nasional AS menggunakan bukit tersebut sebagai stasiun pendengaran. Dari sini, sinyal radio militer dari negara-negara Pakta Warsawa dapat dihadang, dipantau, dan dihentikan.

Selain itu, Bridge of Spies atau Jembatan Glienicke, yang berada tepat di perbatasan, dulunya menjadi tempat pertukaran tahanan antara Barat dan Timur.

Kebanyakan tahanan adalah spion-spion yang tertangkap. Kisah jembatan itu pernah jadi latar belakang film bioskop yang disutradarai Steven Spielberg: "Bridge of Spies."

Ada pula jalur Tembok Berlin yang panjangnya sekitar 160 kilometer. Menghiasi salah satu bagian jalur ini, pemerintah Jepang menyumbangkan sekitar 10.000 pohon sakura "agar membawa kedamaian di hati warga" Berlin.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Seorang Introvert

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang kepribadian, manusia berada pada sebuah kontinum introvert dan ekstrovert. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ketika introvert bertindak seperti ekstrovert, itu bisa membantu meningkatkan suasana hati mereka.

Tak heran, para introvert sering diminta untuk bertindak selayaknya ekstrovert. Akan tetapi, seorang introvert ternyata memiliki kualitas yang berbeda, yang dapat memberikan pelajaran pada orang lain.

"Seorang introvert tahu bahwa hidup mereka "kaya dan penuh" yang membuat mereka merasa puas dan nyaman untuk melakukan segala halnya sendiri," kata seorang profesor ilmu perilaku, Laurie Helgoe seperti dikutip Today, Jumat (8/11/2019).

 

Hal-Hal yang Bisa Dipelajari dari Seorang Introvert

Coba simak enam hal yang tidak perlu malu dan ragu untuk Anda ungkapkan pada pasangan. (Foto: iStockphoto)

1. Tahu kapan harus mengatakan tidak

Ada kesalahpahaman seperti seorang introvert tidak suka berada di dekat orang lain. Padahal, orang introvert begitu menikmati menghabiskan waktu bersama teman dan keluarganya, hanya saja frekuensinya tidak sebanyak ekstrovert.

"Masalahnya bukan mereka tidak ingin bersama orang lain. Sebaliknya, mereka merasa hanya perlu berbuat lebih sedikit pada kehidupan sosialnya," ucap prosefor psikologi, Christopher Soto.

Artinya, seorang introvert lebih cenderung sering mengatakan tidak. Ketika banyak orang merasakan fear of missing out (FOMO), atau takut tidak dikatakan gaul atau up to date, seorang introvert tidak merasakan demikian karena sudah merasa nyaman dengan kesendirian.

2. Tidak membagikan segalanya

Baik di tempat kerja ataupun pesra, banyak orang yang terlalu banyak bercerita. Seorang introvert, di sisi lain cenderung tidak akan melakukan itu.

"Ekstrovert berisiko melakukan itu, mengungkapkan terlalu banyak informasi tanpa memiliki batas. Sedangkan introvert lebih terhindar dari hal tersebut," ucap Christopher.

3. Tidak akan asal bertindak

Seorang introvert cenderung tidak akan memiliki perilaku berisiko dan mungkin akan menghindari hal-hal yang tidak disengaja. Seperti mengemudi dengan kecepatan tinggi, misalnya.

"Kegiatan santai yang berisiko bagi keselamatan biasanya kurang menarik bagi para introvert, dan itu mungkin baik untuk melindungi diri mereka," ucap Christopher.

4. Berhenti sebelum berbicara

Orang ekstrovert biasanya akan menyukai pujian, sehingga seringkali mereka berbicara banyak hal untuk mendapatkan validasi yang tinggi. Seorang introvert tidak perlu validasi sebanyak itu dan akan merasa kurang tertarik untuk berbicara terlalu banyak.

"Itu adalah kekuatan para introvert, biasanya mereka akan duduk dan memikirkan apa yang dikatakan semua orang. Kemudian mempertimbangkan respons apa yang akan diberikan," ucap Helgoe.

5. Seorang pengamat

Menjadi orang yang berhati-hati bisa mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kesehatan. Orang introvert seringkali terlibat dalam banyak pengamatan, yang memungkinkan mereka untuk lebih merasakan setiap momen yang dilalui.

"Orang introvert melihat dunia dengan cara yang berbeda, layaknya karya seni atau cerita yang bisa memperkaya kehidupan," ucap Helgoe.

Penulis: Diviya Agatha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Qatar Cat Aspal Jadi Biru Agar Cuaca Panas Menurun

Posted: 08 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan Qatar melakukan upaya untuk menurunkan suhu udara yang panasnya menyentuh 46 derajat celcius. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengecat aspal menjadi berwarna biru di Jalan Abdullah Bin Jassim, Kota Doha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Tempat Wisata di Banyumas, dari Alam hingga Sejarah

Posted: 08 Nov 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Banyumas tak boleh terlewat saat menyambangi kota Satria ini. Banyumas merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan budaya Banyumasan dan bahasa ngapaknya. Purwokerto merupakan ibukota Kabupaten Banyumas.

Wilayah Kabupaten Banyumas berada di Pegunungan Slamet. Beberapa lokasi yang berada di lereng gunung dijadikan potensi tempat wisata di Banyumas.

Sebagian tempat wisata di Banyumas memang berupa dataran tinggi pegunungan yang menyejukkan. Tempat wisata di Banyumas ini berbentuk air terjun, pemandian, atau desa wisata.

Selain alam, kamu juga bisa menemukan tempat wisata di Banyumas berupa wisata sejarah seperti museum. Jika kamu berkunjung ke Banyumas, sempatkanlah untuk mampir ke salah satu tempat wisata di Banyumas ini. Berikut tempat wisata di Banyumas yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/11/2019).

Air Terjun

Curug Cipendok (sumber: Wikimedia Commons)

Curug Telu

Curug Telu berlokasi di Sawah & Hutan, Karangsalam, Baturaden, Banyumas. Curug Telu memiliki 3 air terjun dalam satu tempat. Curug ini merupakan sumber dari Curug Bidadari yang letaknya juga tidak jauh dari sini. Curug Telu memiliki pemandangan yang indah dan hawa khas pegunungan yang masih sejuk, air curugnya pun jernih.

Curug Bidadari

Tak jauh dari Curug Telu, kamu juga akan menemukan Curug Bidadari di kawasan Baturaden. Jalur perjalanan ke Curug Bidadari ini tergolong lumayan menantang. Di perjalanan, kamu akan ditemani oleh suasana pegunungan dan pepohonan yang sejuk dan rindang. Ciri khas curug ini adalah memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai gua.

Curug Bayan

Masih di kawasan Baturaden, ada juga Curug Bayan. Curug ini cocok dijadikan destinasi wisata alam bersama keluarga karena arusnya cukup dangkal ran rute menuju lokasi tak terlalu ekstrem. Menariknya lagi, di sekitar lokasi Curug Bayan terdapat dam Jepang dan jembatan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh.

Curug Cipendok

Curug Cipendok berada di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 92 meter. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung. Curug Cipendok menawarkan suasana asri dan alami dengan hawa sejuk menenangkan.

Curug Nangga Pekuncen Ajibarang

Curug Nangga berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Objek wisata ini masih terbilang baru dan menjadi daya tarik masyarakan untuk berwisata. Curug Nangga cukup menarik karena memiliki tujuh tingkat undakan air terjun dengan masing-masing ketinggian bervariasi mulai 10-20 meter.

Wisata di Baturaden

ilustrasi gambar wisata baturaden (sumber: Pemerintah Kabupaten Banyumas)

Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden merupakan tempat rekreasi dan wisata edukasi di Banyumas. Di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman seperti Liliana, Perdu, tanaman merambat, Anggrek, hingga pepohonan besar. Fasilitas hiburan seperti wahana permainan sederhana untuk anak-anak juga tersedia di sini.

Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger memiliki panorama alam indah dan menyuguhkan pengetahuan tentang kesenian tradisional. Di sini pengunjung bisa menyaksikan berbagai hiburan kesenian menarik, seperti kuda lumping, Siteran, Begalan, Rengkong, wayang kulit khas Banyumasan, Lengger Calung, dan juga orkes melayu.

Pengunjung bisa berkeliling menyusuri situs peninggalan sejarah yang ada seperti rel lori dan Waduk Ketenger yang merupakan peninggalan jaman penjajahan.

Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden memadukan konsep wisata alam dengan wisata modern. Wisata ini cocok untuk semua kalangan dan dapat dengan mudah diakses dari pusat kota Purwokerto.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet, membuat hawa di Lokawisata Baturraden terasa sejuk. Beberapa wahana rekreasi yang ada di dalam Lokawisata Baturraden, antara lain kolam renang dengan papan seluncur, sepeda air, air terjun, dan pemandian air panas belerang.

Wisata Air

Pancuran Pitu (sumber: Wikimedia Commons)

Pancuran Pitu

Pancuran Pitu berada tak jauh dari Lokawisata Baturaden. Tempat ini merupakan sumber air panas bumi yang terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar dari tujuh pancuran. Di lokasi wisata ini juga terdapat Gua Sarabadak.

Telaga Sunyi

Sama seperti namanya, telaga ini menawarkan suasana sunyi menenangkan ala pegunungan. Telaga ini memiliki panorama alam yang sangat indah, udara pegunungan yang sejuk, ditambah pohon-pohon rimbun. Telaga sunyi memiliki kedalaman hingga 3 meter di mana pengunjung bisa berenang bebas di sini.

Mata Air Panas Kalibacin

Mata Air Panas Kalibacin terletak di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Banyumas. Lokasi ini merupakan tempat pemandian dengan kadar belerang tinggi. Belerang pada mata air ini dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit, saraf, dan tulang.

Wisata Sejarah

Museum Wayang Sendhang Mas (sumber: Wikimedia Commons)

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Tak cuma wisata alam, tempat wisata di Banyumas juga meliputi wisata sejarah. Di Purwokerto terdapat monumen sekaligus museum Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Museum ini terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama terdapat foto-foto Jenderal Soedirman saat merebut kembali Yogyakarta sebagai ibukota dari Belanda. Di lantai dua terdapat relief sejarah bangsa Indonesia. Ada pula patung Jenderal Soedirman duduk di atas kuda.

Museum Wayang Sendhang Mas

Museum Wayang Sendang Mas memiliki koleksi utama berupa wayang-wayang dalam Gagrag Banyumasan. Di sini diperlihatkan tokoh Bawor yang hanya ada dalam wayang Banyumasan. Ada pula koleksi benda-benda purbakala yang ditemukan di sekitar kabupaten Banyumas.

Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Museum Bank Rakyat Indonesia dulunya merupakan gedung bank De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren yang menjadi cikal bakal Bank Rakyat Indonesia saat ini. BRI dididrikan oleh Raden Aria Wirjaatmadja. Di museum ini terdapat tiga monumen yaitu Gedung Replika, Patung Raden Aria Wirjaatmadja, dan Gedung Museum BRI.

Di dalamnya terdapat koleksi barang dan peralatan yang dulunya dipakai untuk operasional BRI. Terdapat juga koleksi pakaian milik Raden Aria Wirjaatmadja dan diorama suasana BRI pada masa lampau.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iuran BPJS Naik, Menko Muhadjir: Tak Ada Maksud Membebani Rakyat

Posted: 08 Nov 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah tak bermaksud membebani masyarakat dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Dia pun meminta agar masyarakat yang terkena kenaikan iuran ini mendukung semangat gotong-royong. Karena dengan kenaikan ini akan lebih banyak masyarakat yang terbantu khususnya warga miskin.

"Jadi ini mohon saya ingin mengimbau kepada semua yang terkena (kenaikan) iuran dari BPJS mulai Januari 2020, saya mohon kesadarannya bahwa ini bukan maksud pemerintah membebani. Tapi marilah kita dukung semangat gotong royong. Dan kita ingin mengembangkan paradigma sehat sehingga semakin sedikit yang sakit, tetapi lebih menangani berbagai perangkat yang diperlukan untuk rakyat Indonesia," tutur Muhadjir usai mengunjungi sejumlah rumah sakit di Malang, Jawa Timur, Jumat, 8 November 2019.

Pemerintah menaikkan iuran BPJS untuk peserta mandiri. Agar tak terlalu membebani, pemerintah berencana akan memberikan subsidi untuk peserta kelas tiga.

Muhadjir mengaku belum tahu berapa jumlah peserta yang akan diberikan subsidi. Dia mengatakan pemerintah harus cermat sebelum menetapkan berapa peserta yang akan diberikan subsidi.

"Saya belum tahu secara detail karena itu kita harus cermat, enggak boleh gegabah karena ini menyangkut nasib orang, menyangkut per kepala dan berkaitan dengan dana yang harus disiapkan seandainya memang nanti ada subsidi. Sekali lagi ini harus dibicarakan antar kementerian, tidak bisa diklaim secara sepihak walaupun dengan DPR," jelasnya.

Soal subsidi ini juga perlu proses. Tak bisa langsung diputuskan dan disetujui saat rapat berlangsung. Pasalnya, kata Muhadjir, ini menyangkut dana yang cukup besar.

"Karena itu saya tidak bisa janji muluk-muluk, akan kita carikan solusi secepatnya. Dan kalau bisa diterima oleh semua pihak dan kepada para pengguna BPJS yang harus dinaikin per Januari, saya mohon kesadarannya bahwa memang prinsip yang kita kembangkan adalah prinsip gotong royong," terangnya.

"Sehingga kalau ada yang pengeluarannya harus digunakan untuk membantu yang lain mesti disyukuri karena dia ditakdirkan oleh Tuhan sehat, tidak perlu berobat. Karena kalau seseorang disuruh memilih, saya kira memberikan bantuan kepada yang sakit daripada sakit sendiri kan," lanjut dia.

Menko PMK Muhadjir Effendy juga menuturkan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, karena ada juga pemerintah daerah yang telah menyiapkan subsidi. Dia juga akan berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri perihal subsidi ini.

DPR Tolak Kenaikan Iuran BPJS untuk Kelas Tiga

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan pidato saat upacara peringatan Sumpah Pemuda di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (28/10/2019). Dalam upacara ini, Muhadjir juga memberikan anugerah tanda kehormatan Bintang Satyalancana Karya Satya kepada sejumlah PNS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jika ada subsidi untuk peserta kelas tiga, Kepres tak perlu diubah. Muhadjir mengatakan terlebih dulu harus dibenahi persoalannya dan perlu koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

"Makanya kita benahi duduk masalahnya, karena kan di Kepres dinaiki tidak serta merta begitu, pasti melibatkan KL (kementerian dan lembaga) itu harus paraf semua, jadi kita tidak bisa menyalahkan salah satu kementerian. Jadi setiap Kepres itu melibatkan KL terkait baru presiden menyetujui, kadang presiden minta second opinion dari pihak Kemensesneg atau pihak lain yang bisa memberikan masukan," jelasnya.

Sementara itu, DPR menolak kenaikan iuran BPJS untuk kelas tiga. Muhadjir mengatakan pihaknya tetap mempertimbangkan masukan DPR.

"Kita pertimbangkan, kita dengar, kita lihat, kita hitung, kita pertimbangkan berbagai sisi, mana mudaratnya dan manfaatnya. Saya tahu DPR kan bawa aspirasi, tetapi pemerintah juga harus memenuhi sesuai dengan kemampuan pemerintah termasuk kemampuan anggaran, karena kalau ini dipenuhi kan sekitar Rp 4 triliun, jadi itu tidak mudah," pungkasnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Siraman Kartika Sary, Adik Yuni Shara dan Krisdayanti

Posted: 08 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Yuni Shara dan Krisdayanti memang sudah tidak asing lagi. Kakak beradik ini memang selalu sukses mencuri perhatian publik. Tak banyak yang tahu, ternyata kedua selebriti kondang tersebut memiliki seorang adik perempuan.

Adik Yuni Shara dan Krisdayanti tersebut bernama Kartika Sary. Tak kalah dengan kakak-kakaknya, Kartika Sary juga memiliki paras yang cantik. Kartika memang tak terjun ke dunia hiburan seperti kedua kakaknya.

Sosok adik bungsu Yuni dan KD ini menghebohkan publik karena akan segera melepas masa lajangnya. Hal ini diketahui publik dari unggahan Stories Instagram Yuni Shara, Jumat (9/11/2019). Dalam unggahan tersebut terlihat Yuni dan KD sedang mendamping prosesi siraman Kartika.

Yuni Shara dan Krisdayanti pun disibukkan dengan berbagai persiapan jelang pernikahan sang adik tercinta. Keduanya mendampingi di acara pengajian hingga siraman. Berikut 7 potret siraman Kartika Sary yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/11/2019).

1. Saat acara siraman, Yuni Shara dan Krisdayanti tampak kompak mengenakan kebaya berwarna hijau.

Potret Siraman Kartika Sary (sumber: instagram/yunishara36)

2. Kartika terlihat cantik dan anggun saat mengenakan pakaian khas siraman lengkap dengan rangkaian kembang melati.

Potret Siraman Kartika Sary (sumber: instagram/yunishara36)

3. Sebelum acara siraman dimulai, dilakukan acara pengajian yang juga diikuti oleh keluarga.

Potret Siraman Kartika Sary (sumber: instagram/yunishara36)

4. Didampingi Yuni Shara, diketahui air ini diambil dari sumber masjid Istiqlal Jakarta dan dari masjid Kubah Emas.

Potret Siraman Kartika Sary (sumber: instagram/yunishara36)

5. Kental dengan adat Jawa, prosesi siraman wanita pengusaha batu bara ini berlangsung khidmat.

Potret Siraman Kartika Sary (sumber: instagram/yunishara36)

6. Tak hanya dihadiri oleh kerabat dan sahabat, acara spesial adik Yuni dan KD ini juga dihadiri sejumlah artis.

Potret Siraman Kartika Sary (sumber: instagram/yunishara36)

7. Selamat ya Kartika semoga diberi kelancaran hingga hari pernikahan.

Potret Siraman Kartika Sary (sumber: instagram/yunishara36)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Live Liverpool vs Manchester City di Liga Inggris

Posted: 08 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City bersiap mengunjungi markas Liverpool, di Stadion Anfield, di kompetisi Liga Inggris. The Citizens bahkan berambisi pulang membawa kemenangan.

Manchester City kini berada di peringkat dua klasemen Liga Inggris dengan koleksi 25 poin. Mereka tertinggal enam angka dari Liverpool yang masih kokoh di singgasana.

Akhir pekan ini, The Citizens memiliki peluang untuk memangkas jarak dengan Liverpool saat tandang ke Anfield Stadium, Minggu (10/11) malam WIB. Fernandinho pun memasang target tiga poin.

"Kami pergi ke Anfield dan mencoba untuk memenangkan pertandingan. Mentalitas Manchester City selalu mencoba untuk memenangkan pertandingan, seperti yang kami lakukan melawan Atalanta di Liga Champions sejak menit pertama," kata Fernandinho, gelandang Manchester City, di Soccerway.

Berikut jadwal Liverpool vs Manchester City di kompetisi Liga Inggris yang akan ditayangkan di Mola TV.

Jadwal

Premier League - Liverpool Vs Manchester City (Bola.com/Adreanus Titus)

Minggu, 10 November 2019

23.30 WIB, Liverpool vs Manchester City

Stadion Anfield

Live Mola TV

Jadwal Liga Inggris Pekan Ke-12

Sabtu, 9 November 2019

19.30 WIB, Chelsea Vs Crystal Palace

22.00 WIB, Burnley Vs West Ham

22.00 WIB, Newcastle Vs Bournemouth

22.00 WIB, Southampton Vs Everton

22.00 WIB, Tottenham Vs Sheffield

Minggu, 10 November 2019

00.30 WIB, Leicester Vs Arsenal

21.00 WIB, MU Vs Brighton

21.00 WIB, Wolverhampton Vs Aston Villa

 

Klasemen Liga Inggris

 

 

 

Saksikan video Liverpool vs Manchester City Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Arema Depak PSS Sleman

Posted: 08 Nov 2019 08:35 PM PST

Jakarta- Arema FC sukses memenuhi target mengejar perolehan poin Madura United. Singo Edan meraup poin penuh pada Jumat (8/11/2019).

Pada laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, tim berjulukan Singo Edan itu menang 2-0 atas Madura United.

Dua gol Arema dicetak oleh Makan Konate (4') dan Rifaldi Bawuoh (84'). Kemenangan ini sangat berarti bagi anak asuh Milomir Seslija.

Berkat kemenangan itu, Arema mengantongi 41 poin dan hanya berjarak tiga poin dari sang rival yang masih kukuh di posisi kedua klasemen sementara. 

Namun, Arema juga masih punya dua pesaing, yakni Persipura Jayapura yang terus menanjak pada putaran kedua dan Borneo FC yang semakin konsisten.

Selain itu, Arema FC juga wajib mewaspadai PSS Sleman yang juga punya peluang untuk memanaskan persaingan posisi kedua. 

Arema juga masih dibayangi dua tim lain, Tira Persikabo dan Persib Bandung, yang sudah mengoleksi 37 poin.

Pada Liga 1 2019, Arema FC membidik posisi runner-up. Setelah terseok-seok pada putaran pertama, mereka mulai menemukan celah untuk memanaskan persaingan papan atas.

Hasil Pertandingan dan Klasemen Sementara

Arema FC berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Madura United di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (8/11/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Hasil pertandingan:

Arema FC Vs Madura United 2-0

 

 
 
 
View this post on Instagram

Klasemen sementara Shopee Liga 1 2019, Jumat (8/11). __ #ShopeeLiga1 #ShopeeForMen #ShopeeID

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Disadur dari Bola.com (penulis Wiwig Prayugi/ Editor Benediktus Gerendo, Published 09/11/2019)

Highlights Arema FC Vs Madura United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Irish Bella dan Ammar Zoni di Taman Bermain Bersama ART

Posted: 08 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Irish Bella dan Ammar Zoni baru saja mengunggah momen kebersamaannya dengan para Asisten Rumah Tangganya jalan-jalan ke taman bermain. Dalam momen tersebut, ternyata acara jalan-jalan ini sebuah bentuk terima kasih pasangan selebriti ini kepada para ART-nya.

Dalam video di Channel YouTube Aish TV, Jumat (8/11/2019), Irish Bella dan Ammar Zoni membagikan momen serunya saat bermain beberapa wahana bersama dengan ART-nya. Tak hanya itu, ternyata jalan-jalan ke taman bermain menjadi pengalaman pertama bagi salah satu ART-nya.

Tak hanya bermain saja, namun saat memasuki area taman bermain, Ammar Zoni pun membuat tantangan bagi para ART-nya. Dalam tantangan tersebut, nantinya Irish Bella dan Ammar Zoni akan memberikan sebuah hadiah.

Selain jalan-jalan ke taman bermain, rombongan Zoni Family ini juga nonton bareng. Tentu momen seperti ini menjadi momen kebahagiaan bersama bagi keluarga Irish Bella dan Ammar Zoni.

Berikut 7 potret kebersamaan Irish Bella dan Ammar Zoni bersama dengan ART di taman bermain yang Liputan6.com kutip dari YouTube Aish TV, Sabtu (9/11/2019).

1. Begini kebersamaan Irish Bella dan Asisten Rumah Tangganya memasuki wahana bermain

Irish Bella dan Ammar Zoni di taman bermain bareng ART (Sumber: YouTube/Aish TV)

2. Sebelum bermain, Ammar Zoni pun membuat sebuah tantangan untuk semua ART

Irish Bella dan Ammar Zoni di taman bermain bareng ART (Sumber: YouTube/Aish TV)

3. Dalam kebersamaannya saat di taman bermain terlihat bahwa Irish Bella dekat dengan ART-nya

Irish Bella dan Ammar Zoni di taman bermain bareng ART (Sumber: YouTube/Aish TV)

4. Momen bermain bersama ini menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri bagi pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni

Irish Bella dan Ammar Zoni di taman bermain bareng ART (Sumber: YouTube/Aish TV)

5. Begini potret tegangnya Ammar Zoni dan ART-nya saat naik wahana bermain

Irish Bella dan Ammar Zoni di taman bermain bareng ART (Sumber: YouTube/Aish TV)

6. Dalam kesempatan kali ini Irish Bella dan Ammar Zoni mengajak 4 ART-nya

Irish Bella dan Ammar Zoni di taman bermain bareng ART (Sumber: YouTube/Aish TV)

7. Usai bermain mereka pun membagikan hadiah

Irish Bella dan Ammar Zoni di taman bermain bareng ART (Sumber: YouTube/Aish TV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Jatim Harap Pemakaian QR Code di Rumah Ibadah Tingkatkan Transparansi

Posted: 08 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Gerakan Elektronifikasi Rumah Ibadah yang digagas oleh Bank Indonesia (BI) memecahkan Rekor MURI penempelan QR Code terbanyak di kotak amal.

Terdapat seribu lebih rumah ibadah se-Jawa Timur (Jatim) sudah menerapkan E-Rumah Ibadah. Bahkan sudah mempunyai rekening masing - masing. 

Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah menuturkan, Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Indonesia 2019, terus berkomitmen dan membuktikan aksi nyata dalam mendorong perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.Kegiatan itu juga mendukung misi Bank Indonesia dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan digital. 

"Bank Indonesia pun mendorong inovasi dalam bertransaksi melalui pemanfaatan teknologi di sistem pembayaran, seperti QR Code. Langkah nyata yang telah dilakukan adalah fasilitasi dan business matching yang melibatkan Rumah Ibadah dengan beberapa perbankan di seluruh Jawa Timur dalam rangka memperluas implementasi penggunaan QR Code," tutur dia, Sabtu (9/11/2019) di Surabaya. 

Difi menyampaikan, pada tempat ibadah, terdapat transaksi atau perputaran uang, baik yang berupa zakat, infaq, sedekah atau semacamnya masih banyak menggunakan uang tunai dalam setiap transaksinya. Oleh karena itu, Bank Indonesia perlu mendorong penggunaan QR Code.

"Sehingga, kami memandang perlu mendorong penggunaan QR Code sebagai salah satu tools untuk mempermudah dan memperbanyak alternatif cara bertransaksi di kalangan masyarakat," kata dia. 

Hal ini mengingat penggunaan QR Code sebagai sebuah alat untuk beragam hal sudah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, sebagai contoh yaitu semakin luasnya penggunaan uang elektronik LinkAja, OVO, dan Go-Pay.

"Sementara itu, dari sisi pengelolaan dana, pemanfaatan QR Code ini juga diharapkan dapat meningkatkan transparansi manajemen dan akuntabilitas pengelolaan pendapatan serta pengeluaran bagi masing–masing pengelola Rumah Ibadah, karena langsung masuk dalam rekening tempat ibadah yang dikelola oleh pengurus," ucap Difi. 

Dapat Penghargaan MURI

Bank Indonesia (BI) gagas gerakan elektronifikasi rumah ibadah telah memecahkan rekor MURI untuk penempelan QR Code terbanyak di kotak amal. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia menambahkan, kegiatan ini adalah momen yang bagus dimulai dari Surabaya, Jawa Timur dan bertepatan dengan hari Pahlawan pada 10 November 2019. "Seluruh inisiatif bermula dari Jawa Timur, termasuk implementasi QRIS di rumah ibadah," kata Indah. 

Menurut dia, saat ini penyedia QR juga lebih dimudahkan dengan adanya standar QR dari Bank Indonesia, dengan menggunakan uang elektronik apapun bisa langsung menyumbang dan secara non tunai.

"Layanan ini dapat mempermudah pengguna dalam bersedekah di rumah ibadah tanpa ada batasan jumlah, jarak dan waktu. Ini suatu gerakan dan inisiatif yang sangat bagus," ucap Indah. 

 Sementara itu, Manajer MURI, Ridha Al-Amin mengatakan, pihaknya telah memberikan penghargaan MURI kepada Bank Indonesia dan perbankan di Jawa Timur dengan adanya implementasi elektronifikasi (pemasangan QRIS) pada lebih dari 1.000 rumah ibadah. Bahkan ini bukan hanya rekor Indonesia tapi masuk dalam rekor dunia. 

"Dengan adanya Gerakan Elektronifikasi Rumah Ibadah, diharapkan dapat diikuti oleh seluruh rumah ibadah yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga dapat menyerap potensi shodaqah dan infaq yang ada dan dapat mendorong pengelolaan dana sosial yang lebih baik serta dapat mendorong terwujudnya Sistem Pembayaran Indonesia yang aman, efisien dan handal," ujar Ridha. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Surat Lamaran Kerja yang Ditulis Tangan dengan Rapi

Posted: 08 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di era saat ini, para pencari lowongan pekerjaan bisa dengan mudah mencari lowongan secara online. Mereka juga nantinya bisa mengirimkan data-data diri atau CV (curiculum vitae) melalui email.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan apa yang dilakukan para pelamar pekerjaan beberapa tahun silam yang masih menuliskan surat lamaran pekerjaannya di kertas. Namun bukan berarti hal ini sudah sepenuhnya ditinggalkan.

Artikel tentang surat lamaran kerja yang ditulis tangan dengan rapi menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang kisah kucing pintar yang selamatkan bayi pemiliknya.

Sementara artikel terakhir tentang kota-kota di dunia yang berikan rumah bila mau tinggal di sana.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kelewat Rapi, Tulisan Tangan di Surat Lamaran Kerja Ini Viral

foto:  Twitter @DragonoHalim

Baru-baru ini viral surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan. Yang membuatnya menarik perhatian adalah tulisan tangannya yang rapi bak ketikan komputer. Foto surat lamaran pekerjaan tersebut diunggah akun Twitter @DragonoHalim.

Selengkapnya...

2. Bak Pahlawan, Kucing Ini Selamatkan Nyawa Bayi Majikan

foto: China Press

Banyak orang memilih kucing sebagai hewan peliharaan. Tak hanya menggemaskan, kucing juga bisa jadi teman untuk menghabiskan waktu bersama di rumah.

Rupanya tak hanya itu, kucing juga bisa menjadi penyelamat bagi sang majikan loh seperti video yang baru-baru ini viral. Pada sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook DLore Alvarez terlihat seekor kucing peliharaan berhasil menyelamatkan nyawa bayi sang majikan.

Selengkapnya...

3. Tinggal di 3 Kota Ini Dihadiahi Uang dan Rumah Gratis, Berminat?

Ditinggal Penduduk, Desa di Italia Dijual seharga Rp 304 Juta (telegraph.co.uk)

Tinggal di desa pada era digital seperti saat ini nampaknya bukan hal yang begitu menarik bagi banyak orang. Tak hanya di Indonesia, di negara-negara lain pun orang lebih memilih untuk "merantau" ke kota-kota besar guna mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik.

Hal ini rupanya membuat segelintir desa di beberapa negara seperti Italia dan Swiss semakin kekurangan penduduknya. Ya, biasanya desa-desa dan kota terpencil di sana mulai sepi lantaran ditinggal penduduknya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deadlock, Niat Sriwijaya Air Perpanjang Kerjasama dengan Garuda Kandas

Posted: 08 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sriwijaya Air mengaku sebelum memutuskan untuk memutuskan kerjasama dengan Garuda Indonesia, pihaknya sudah berupaya untuk memperpanjang kerjasama dengan maskapai plat merah tersebut.

Pengacara sekaligus salah satu pemegang saham Sriwijaya Air Yusril Ihza Mahendra mengatakan keinginan itu dilakukan saat pihak Sriwijaya Air mengadakan pertemuan dengan manajemen Garuda Indonesia beberapa hari lalu.

"Namun karena deadlock dalam menyusun BoD, akhirnya dalam rapat pemegang saham terakhir diputuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan Garuda Indonesia," tegas Yusril dalam keterangannya seperti ditulis Sabtu (9/11/2019).

Yusril menjelaskan, untuk langkah selanjutnya, pihaknya akan meminta BPKP dan auditor independen melakukan audit terhadap Sriwijaya untuk mengetahui kondisi perusahaan yang sebenarnya selama manajemen diambil alih oleh anak usaha Garuda Indonesia.

"Sriwijaya Air memohon maaf atas kurang baiknya pelayanan selama manajemennya ditangani oleh direksi yang mayoritas berasal dari GA grup. Selanjutnya, Sriwijaya akan kembali bekerja dengan profesional melayani pelanggan sebagaimana yang dilakukan selama ini," tuturnya.

 

Garuda Dianggap Tidak Fair

Rencananya, 188 turis Malaysia akan didaratkan di Bandara International Hanandjoedin, Belitung dengan maskapai Sriwijaya Air.

Menurutnya, ada perubahan sistem pembayaran layanan yang diberikan anak usaha Garuda Indonesia (GMF, Gapura Angkasa dan Aerowisata) secara mendadak yang dinilai oleh Sriwijaya Air tidak fair.

"Sriwijaya Air menolak sistem yang dianggap tidak fair tersebut sehingga terjadi kekacauan penerbangan Kamis kemarin," ujar Yusril.

Selama ini, layanan servis pesawat, line maintenance, groundhandling dan catering dilakukan oleh anak-anak perusahaan Garuda. Namun karena hal tersebut, Sriwijaya mencoba mengaktifkan hal tersebut sendiri.

Disebutkan bahwa biaya maintenance terlalu mahal, sehingga pada akhirnya, Sriwijaya Air merasa kerjasama dengan Garuda Indonesia justru merugikan dan melumpuhkan bisnis maskapai.

"Sriwijaya menganggap kerjasama dengan Garuda selama ini merugikan kepentingan Sriwijaya karena telalu banyak konflik kepentingan antara anak-anak GA dengan Sriwijaya," lanjutnya.

Padahal semula, menurut Yusril, pihaknya hendak menyelesaikan draf perpanjangan perjanjian kerjasama dengan Garuda Indonesia. 

Beberapa Penerbangan Batal Terbang, Sriwijaya Air Minta Maaf

Sriwijaya Air Mulai Terbangi Silangit. (Foto: Zulfi Suhendra/Liputan6.com)

Beberapa waktu lalu sempat beredar pesan berantai berisi keluhan pelanggan atas pembatalan penerbangan yang dilakukan sepihak oleh maskapai Sriwijaya Air. Hal tersebut dinilai merugikan penumpang yang sudah beli tiket pesawat jauh-jauh hari.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena menyampaikan permohonan maaf atas penundaan dan pembatalan penerbangan yang terjadi pada Kamis (07/11/2019).

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya karena telah menimbulkan ketidaknyamanan atas gangguan jadwal penerbangan Sriwijaya Air kemarin," ujar Jefferson sebagaimana dikutip Liputan6.com dari keterangan tertulis, Jumat (09/11/2019).

Atas hal tersebut, Jefferson memastikan pelanggan Sriwijaya Air akan mendapatkan kompensasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Terkait kendala, dirinya menjelaskan bahwa penundaan dan pembatalan penerbangan terjadi karena adanya kendala operasional. Ke depannya, Sriwijaya Air akan menangani hal tersebut agar tidak berdampak lebih luas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biskuit Marie Menjelma dalam Koleksi Busana Streetwear di USS 2019, Desainnya Bikin Lapar

Posted: 08 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal seru yang bisa ditemukan Urban Sneaker Society (USS) 2019 di Jakarta mulai Jumat, 8 November 2019, dan akan berakhir pada Minggu, 10 November 2019. Salah satunya kolaborasi antara produsen biskuit marie Regal dan brand streetwear premium asal Jakarta, Untold.

Biskuit yang biasanya dimakan dengan dicelup ke dalam susu atau air itu menjelma jadi beragam produk, mulai dari pin, stiker, hingga jaket yang diproduksi hanya 76 potong. Tak hanya tersedia dalam warna kuning kecokelatan yang mencerminkan warna biskuit, tetapi juga ada hitam dan putih.

Tenant yang ditempati selama tiga hari itu juga menyedot perhatian. Sebuah kotak pajangan berisi kemasan biskuit, kaleng biskuit, hingga bantal, dirancang seolah mirip vending machine. Sementara di tengah-tengah area disediakan tempat duduk dengan bantal kursi bulat pipih bergambar kue marie.

Desain eye-catching tersebut berhasil menarik perhatian pengunjung yang hilir mudik masuk ke dalam. Ada yang sekadar melihat-lihat karena penasaran, tetapi juga ada yang mencoba dan membeli produknya.

 

 

 

Lemari pajangan barang-barang kolaborasi dengan produsen biskuit mari yang didesain mirip vending machine di USS 2019. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Yung, founder Untold.co, menyebut kolaborasi antara UNTOLD dan Marie Regal itu bisa terjadi lantaran ia ingin menyimpan memori masa kecil saat makan biskuit tersebut. Apalagi, ia menganggap fesyen dan makanan merupakan bagian dari gaya hidup yang tidak terpisahkan.

"Semua pasti pernah makan biskuit ini. Bahkan, ibu saya biar saya gampang isi perut sebelum ke sekolah, selalu nyiapin biskuit ini dengan susu pagi-pagi," tuturnya saat ditemui di USS 2019 di Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

Ia juga menyebut produk yang bagus saja tidak cukup. Kolaborasi dibutuhkan untuk meningkatkan nilai tambah dari produk yang dibuat.

Pendekatan dilakukan intens selama tiga bulan. Melalui proses diskusi, kolaborasi akhirnya terwujud lantaran antara Untold dan Regal punya tiga nilai yang sama, yaitu tak kompromi pada kualitas, berangkat dari visi keluarga, dan fokus.

"Marie Regal itu dulunya sempat punya banyak varian, tapi kemudian banyak disingkirin hingga akhirnya hanya biskuit marie. Tapi dengan itu, mereka malah menjadi perusahaan marie nomor satu di Indonesia. Begitu pula dengan kami yang fokus menjadi urban streetwear premium luxury brand," tuturnya.

Dari Kemasan hingga Pengalaman

Booth Untold di USS 2019. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Tak sekadar mendesain busana dan aksesori, Yung menyatakan pihaknya juga memikirkan soal kemasan agar semakin memikat pembeli. Ia memanfaatkan kemasan biskuit marie yang ada, yakni kaleng dan bungkus sachet.

Kemasan kaleng adalah untuk menyimpan hoodie, sementara bungkus sachet digunakan untuk menyimpan kaus. Meski menggunakan kemasan yang sudah ada, desainnya diubah sedikit agar berbeda dengan menambahkan label atau tulisan seputar kolaborasi keduanya.

Soal harga, Yung menyebut koleksi kolaborasi itu dimulai dari Rp50 ribu hingga Rp1,8 juta. Yang termurah untuk stiker, sementara termahal adalah jaket jeans.

Seakan belum cukup, konsumen yang berbelanja dengan minimal pembelian tertentu berkesempatan dapat bantal bulat bergambar kue marie. Pengunjung juga berkesempatan memutar memori masa kecil dengan menikmati kue sambil dicelup ke air di tempat tersebut. 

"Sejauh ini saya lihat sangat amat menyenangkan. Dari tadi saya tersenyum terus," katanya menanggapi pertanyaan tentang respons pengunjung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia Jelang Duel Juventus Vs AC Milan

Posted: 08 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Posisi Juventus di puncak klasemen Liga Italia masih belum tersentuh. Hingga pekan ke-11, Juventus mengoleksi 29 poin sejauh ini.

Sementara itu, Inter Milan menempati di peringkat kedua klasemen sementara. Klub asuhan Antonio Conte itu hanya berselisih satu poin dengan Juventus.

Posisi ketiga dan keempat Liga Italia dikuasai oleh klub Ibukota Italia, Lazio dan AS Roma. AS Roma berada di posisi ketiga dengan 22 poin, sementara Lazio hanya berselisih satu poin.

AC Milan masih terjebak di papan bawah sejauh ini. Mereka mengoleksi 13 poin dari 11 pertandingan. 

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya:

 

Klasemen Liga Italia

Para pemain Inter Milan. (AP Photo/Luca Bruno)
 

 

Jadwal Liga Italia

Berikut jadwal Liga Italia selengkapnya:

Sabtu, 9 November 2019

21.00 WIB, Brescia Vs Torino

Minggu, 10 November 2019

00.00 WIB, Inter Milan Vs Hellas Verona

02.45 WIB, Napoli Vs Genoa

18.30 WIB, Cagliari Vs Fiorentina

21.00 WIB, Lazio Vs Lecce

21.00 WIB, Sampdoria Vs Atalanta

21.00 WIB, Udinese Vs SPAL

Senin, 11 November 2019

00.00 WIB, Parma Vs Roma

02.45 WIB, Juventus Vs AC Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratna Sarumpaet Resmi Jadi Narapidana Lapas Perempuan Pondok Bambu

Posted: 08 Nov 2019 08:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengeksekusi terpidana penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet ke Lembaga Pemasyarakatan. Ratna resmi dipindahkan dari Rutan Polda Metro Jaya ke Lapas Perempuan Klas 2 A Jakarta, Pondok Bambu, Jumat 8 November 2019.

"Kemarin pada pukul 16.50 WIB telah dieksekusi terpidana atas nama Ratna Sarumpaet ke Lapas Perempuan Klas 2 A Jakarta, Pondok Bambu," kata JPU, Daroe Trisadono dalam keterangannya, Sabtu (9/11/2019).

Dia mengatakan, Ratna Sarumpaet dieksekusi setelah jaksa menerima salinan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Dalam amar putusannya, Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menghukum Ratna Sarumpaet dengan pidana 2 tahun penjara.

Atas putusannya itu, pihak Ratna Sarumpaet dan Jaksa Penutut Umum sepakat tidak mengajukan kasasi.

 

Pelanggaran

Terdakwa kasus penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Majelis hakim memvonis Ratna Sarumpaet dengan hukuman 2 tahun penjara atas kasus penyebaran berita bohong yang menjeratnya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis terdakwa Ratna Sarumpaet dengan hukuman dua tahun kurungan penjara. Hakim menyatakan Ratna bersalah karena menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di masyarakat.

Sebagaimana yang terkatub pada pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Pengunjuk Rasa Hong Kong Beri Penghormatan untuk Mahasiswa yang Tewas

Posted: 08 Nov 2019 08:15 PM PST

Para pengunjuk rasa menyalakan lilin untuk memberi penghormatan kepada mahasiswa Alex Chow Tsz-lok di Hong Kong (8/11/2019). Alex Chow Tsz-lok, 22 tahun, merupakan mahasiswa ilmu komputer dari mahasiswa Hong Kong University of Science and Technology. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjuk rasa menyalakan lilin untuk memberi penghormatan kepada mahasiswa Alex Chow Tsz-lok di Hong Kong (8/11/2019). Alex Chow Tsz-lok, 22 tahun, merupakan mahasiswa ilmu komputer dari mahasiswa Hong Kong University of Science and Technology. (AP Photo/Kin Cheung)

Seorang pemrotes memegang sebuah tiang dengan salib di atas ketika mereka memberi penghormatan kepada mahasiswa Alex Chow Tsz-lok yang tewas di Hong Kong (8/11/2019). Chow dinyatakan meninggal pada Jumat pukul 8.09 pagi tadi.  (AP Photo/Dita Alangkara)

Seorang pemrotes memegang sebuah tiang dengan salib di atas ketika mereka memberi penghormatan kepada mahasiswa Alex Chow Tsz-lok yang tewas di Hong Kong (8/11/2019). Chow dinyatakan meninggal pada Jumat pukul 8.09 pagi tadi. (AP Photo/Dita Alangkara)

Dua wanita memegang lilin ketika mereka memberi penghormatan kepada mahasiswa Alex Chow Tsz-lok yang tewas di Hong Kong (8/11/2019). Tewasnya Chow memicu kemarahan lebih besar terhadap pihak berwenang di wilayah China semi-otonom. (AP Photo/Dita Alangkara)

Dua wanita memegang lilin ketika mereka memberi penghormatan kepada mahasiswa Alex Chow Tsz-lok yang tewas di Hong Kong (8/11/2019). Tewasnya Chow memicu kemarahan lebih besar terhadap pihak berwenang di wilayah China semi-otonom. (AP Photo/Dita Alangkara)

Para pengunjuk rasa menyalakan lilin dan meletakkan bunga di lokasi di mana mahasiswa Alex Chow Tsz-lok jatuh di Hong Kong (8/11/2019). Chow ditemukan terbaring dengan genangan darah di sebuah tempat parkir mobil, yang menjadi sasaran penembakan gas air mata oleh polisi. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjuk rasa menyalakan lilin dan meletakkan bunga di lokasi di mana mahasiswa Alex Chow Tsz-lok jatuh di Hong Kong (8/11/2019). Chow ditemukan terbaring dengan genangan darah di sebuah tempat parkir mobil, yang menjadi sasaran penembakan gas air mata oleh polisi. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjuk rasa menggunakan lilin untuk membentuk kata-kata

Para pengunjuk rasa menggunakan lilin untuk membentuk kata-kata

Para pengunjuk rasa menyalakan lilin memberi penghormatan kepada mahasiswa Alex Chow Tsz-lok yang tewas di Hong Kong (8/11/2019). Tewasnya Chow memicu kemarahan lebih besar terhadap pihak berwenang di wilayah China semi-otonom. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjuk rasa menyalakan lilin memberi penghormatan kepada mahasiswa Alex Chow Tsz-lok yang tewas di Hong Kong (8/11/2019). Tewasnya Chow memicu kemarahan lebih besar terhadap pihak berwenang di wilayah China semi-otonom. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjuk rasa menyalakan lilin di dekat bunga-bunga di lokasi tempat mahasiswa Alex Chow Tsz-lok jatuh di Hong Kong (8/11/2019). Chow ditemukan terbaring dengan genangan darah di sebuah tempat parkir mobil, yang menjadi sasaran penembakan gas air mata oleh polisi. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjuk rasa menyalakan lilin di dekat bunga-bunga di lokasi tempat mahasiswa Alex Chow Tsz-lok jatuh di Hong Kong (8/11/2019). Chow ditemukan terbaring dengan genangan darah di sebuah tempat parkir mobil, yang menjadi sasaran penembakan gas air mata oleh polisi. (AP Photo/Kin Cheung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Tidak Hadiri Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Monas

Posted: 08 Nov 2019 08:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Rasulullah SAW mengadakan perayaan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Awalnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan menghadiri tabligh akbar itu. Namun, hingga acara selesai, Anies tak muncul.

Dewan Syuro Majelis Rasulullah SAW, Habib Nabiel Almusawa mengatakan, Anies Baswedan tidak bisa hadir dikarenakan memiliki agenda yang tidak bisa ditinggal.

"Jadi Pak Anies Baswedan dan Pak Kapolda hari ini berhalangan. Jadi biasanya kami mengundang Kapolda dan Gubernur, tapi kebetulan Pak Gubernur ada acara yang tidak bisa ditinggal," ujar Nabiel di Monas, Jakarta, Minggu (9/11/2019).

Nabiel menyampaikan harapan, Maulid Nabi selanjutnya bisa mengundang Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

"Mudah-mudahan, kapan-kapan, kami bisa mengundang Pak Wapres mengundang Pak Kapolri, kita pokoknya semua bersama-sama mencinta Rasullulah SAW jadi bukan kelompok ini kelompok itu tidak," ucapnya.

 

Mencontohkan Suasana Santun

Dewan Syuro Majelis Rasulullah SAW, Habib Nabiel Almusawa. (Merdeka.com/Tri Yuniwati Lestari)

Menurut dia, diselenggarakannya Maulid Nabi SAW di Monas ini semata-mata ingin mempersatukan umat. Juga agar tidak ada pihak-pihak yang ingin memecah belah, tidak juga mengadu domba, dan tidak radikal.

"Justru kami ingin mencontohkan suasana yang santun, suasana yang lembut, suasana yang halus, suasana yang penuh kasih sayang di antara sesama kaum muslimin dan juga saling menghormati dengan yang berbeda agama," tutup Nabiel.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP soal Megawati-Surya Paloh: Dalam Politik Tidak Ada Perkawanan Abadi

Posted: 08 Nov 2019 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjadi sorotan akhir-akhir ini. Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengatakan, tidak ada pertemanan yang abadi dalam dunia politik.

"Ya kalau saya melihat hubungan antarpartai politik, tentu kita harus membaca hubungan antarkepentingan. Tidak ada perkawanan yang abadi, dan permusuhan yang abadi, yang ada adalah kepentingan itu sendiri," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 8 November 2019.

Dia menjelaskan, setiap partai politik selalu menghitung kepentingan. Oleh karena itu, lanjut dia, wajar jika dinamika politik selalu berubah. Salah satunya hubungan Megawati dan Surya Paloh.

"Saya kira dalam perspektif itu kita harus membaca segala macam dinamika dan aktivitas pimpinan-pimpinan parpol sebagai bagian dari satu dinamika politk yang wajar-wajar saja. Jangan dikaitkan di dalam hubungan yang bersifat personal," ungkap Basarah.

Menurut dia, dalam politik, biasa dua partai atau pihak yang tadinya berkoalisi, kemudian tidak. Semua partai harus menghormati keputusan partai lainnya.

"Jadi antara berpisah dan bertemunya grup ring dan re-group dalam satu hubungan partai politik harus kita baca sebagai satu dinamika yang normal dalam hubungan parpol dalam menjaga kepentingan partainya masing-masing," jelas Basarah soal Megawati dan Surya Paloh.

 

Contohnya Surya Paloh-Sohibul Iman

Basarah kemudian mengungkit pertemuan antara Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Menurut dia, pertemuan itu bagian penjajakan Nasdem untuk Pilpres 2024.

"Dan kami dari PDIP memegang teguh etika politik bahwa kita tidak boleh memasuki yuridiksi organisasi parpol lain, karena masing punya anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sendiri-sendiri, masing-masing punya kedaulatan untuk menentukan langkah-langkah politik apa yang akan diambil," ucap Basarah.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Tandakan Gangguan Kesehatan

Posted: 08 Nov 2019 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyebab bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya. Ini berarti bibir lebih rentan mengering dan pecah-pecah. Kurangnya kelembaban dapat membuat penyebab bibir kering dan pecah-pecah menjadi lebih buruk.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah bisa membuat bibir terkelupas dan menyakitkan. Kondisi ini biasanya tidak menunjukkan masalah serius. Meskipun demikian, kondisi ini bisa menyusahkan dan mengganggu penampilan.

Ada banyak penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Penyebab bibir kering dan pecah-pecah bisa menjadi pertanda beberapa hal, termasuk dehidrasi, alergi, atau kekurangan vitamin. Mengetahui penyebab bibir kering dan pecah-pecah bisa mempermudah cara mengatasinya.

Berikut penyebab bibir kering dan pecah-pecah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (9/11/2019).

Dehidrasi

Dehidrasi / Sumber: iStockphoto

Bibir, mulut, dan mata yang kering adalah tanda-tanda dehidrasi. Ini adalah saat tubuh tidak memiliki jumlah cairan yang cukup. Banyak orang tidak cukup minum air. Dehidrasi juga bisa terjadi karena muntah, diare, berkeringat hebat, dan sakit.

Dehidrasi membuat tubuh lebih sulit untuk berfungsi dengan baik. Untuk menghindari dehidrasi, dianjurkan minum delapan hingga dua belas gelas air sehari. Dehidrasi mengganggu keseimbangan mineral alami dalam tubuh yang bisa memperburuk kondisi kulit.

Paparan sinar matahari

Ilustrasi paparan sinar matahari/copyright shutterstock

Paparan sinar matahari dan angin, dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah menyakitkan. Kulit bibir tipis dan halus, sehingga udara musim dingin yang kering dan paparan sinar matahari dapat dengan mudah merusaknya.

Paparan jangka panjang menyebabkan bibir menjadi kaku dan kering, menyebabkan retak atau pecah. Lapisi bibir dengan lip balm pelindung untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Gunakan masker saat berada di tempat yang kering atau dingin.

Cheilitis aktinik adalah istilah yang diberikan untuk bibir pecah-pecah kronis yang berkembang sebagai akibat kerusakan akibat sinar matahari. Ini adalah kondisi prakanker yang biasanya memengaruhi bibir bawah.

Alergi

Ilustrasi Bibir Kering

Reaksi alergi terhadap lipstik, pasta gigi, pelembab, dan benda apa pun yang diaplikasikan pada bibir atau sekitarnya dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Gejala lain dapat berupa kekeringan parah, iritasi dan gatal-gatal, atau ruam seperti eksim akut pada bibir.

Jika mengalami masalah bibir setelah menggunakan produk bibir baru, hentikan penggunaan dan lihat apakah kondisi membaik. Seseorang juga bisa alergi terhadap makanan tertentu. Kondisi ini dapat menjadi berkelanjutan jika masalah yang menyebabkan alergi tidak teridentifikasi dan diperbaiki.

Menjilat bibir dan bernapas melalui mulut

Menjilat bibir buat bibir semakin kering. (Foto: shutterstock.com)

Menjilat bibir

Sayangnya, kelegaan menjilat bibir tak selalu baik. Air liur menguap dengan cepat. Zat dalam air liur akan mengeringkan kulit dengan menjilatinya berlebihan. Menjilat bibir juga dapat meningkatkan produksi ragi.

Bibir pecah-pecah dapat berarti Anda memproduksi terlalu banyak ragi. Ragi ini dapat tumbuh dengan hangat, air liur lembab dihasilkan dari menjilati bibir

Bernapas melalui mulut

Tidur dengan mulut terbuka lebar tidak hanya akan menyebabkan air liur di bantal, tetapi juga akan mengeringkan bibir. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa ketika hidung tersumbat dan dipaksa untuk bernapas melalui mulut, bibir menjadi pecah-pecah.

Kekurangan vitamin

Ilustrasi vitamin/copyright shutterstock

Vitamin B2, atau riboflavin, diperlukan untuk hal-hal seperti fungsi sel, metabolisme lemak, dan mempertahankan kadar normal asam homocysteine dalam darah. Karena vitamin B juga berkontribusi pada kulit yang sehat, kekurangan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, bibir pecah-pecah, kekeringan, dan ruam.

Kadar seng dan zat besi yang rendah juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, terutama di sudut mulut. Makan banyak makanan kaya vitamin B2 seperti telur dan daging tanpa lemak.

Terlalu banyak vitamin A

Terlalu banyak vitamin A (ipang collection/shutterstock)

Sebaliknya, bibir kering bisa berarti tubuh terlalu banyak mengonsumsi vitamin A. Keracunan vitamin A dapat terjadi jika mengonsumsi terlalu banyak suplemen. Jika tubuh memiliki terlalu banyak vitamin A dalam sistem, kulit dan bibir dapat mulai mengelupas dan pecah.

Jenis hipervitaminosis A akut dan kronis dapat menyebabkan sakit kepala dan ruam. Berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin A karena sebagian besar harus berasal dari makanan.

Kondisi Kesehatan yang Dapat Menyebabkan Bibir Pecah-pecah

Kondisi Kesehatan yang Dapat Menyebabkan Bibir Pecah-pecah (Ilustrasi/iStockphoto)

Bibir pecah-pecah juga dapat dikaitkan dengan berbagai kondisi medis yang mendasarinya, termasuk penyakit tiroid, kekurangan vitamin, dan penyakit radang usus. Fungsi tiroid yang rendah dapat menyebabkan mulut dan bibir kering.

Meskipun kurang umum, beberapa penyakit dapat menyebabkan kekeringan dan pecahnya bibir dan sudut mulut. Ini termasuk pertumbuhan candida yang berlebihan, Penyakit Kawasaki, impetigo atau infeksi herpes.

Bibir pecah-pecah juga merupakan gejala menopause yang umum. Ketika kadar estrogen turun, kulit dan bibir kering, keriput, nyeri sendi, dan gejala menyenangkan lainnya mungkin muncul.

Cheilitis sudut, atau radang di sudut mulut, adalah kondisi umum lainnya yang dapat menyebabkan bibir kering atau pecah-pecah. Ini biasanya disebabkan oleh cuaca dingin, pertumbuhan berlebih ragi, dan atau iritasi dari air liur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: