Rabu, 13 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Legenda Jerman Komentari Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Posted: 13 Nov 2019 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaus sedang berada di Indonesia. Kapten Der Panzer di Piala Dunia 1990 itu hadir dalam rangka Bundesliga Experience yang akan berlangsung 14 hingga 16 November di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Matthaus sempat berbincang dengan awak media soal sepak bola Jerman hingga pemain muda di Hotel Mulia, Kamis (14/11/2019). Dia tak ketinggalan dimintai komentar mengenai terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Menyelenggarakan turnamen itu bagus bagi negara Anda. Mata dunia akan tertuju kepada Anda," ujar Matthaus.

Pria yang pernah berkostum Inter Milan itu menambahkan, terpilih menjadi tuan rumah turnamen internasional dapat berdampak positif. Dengan menjadi tuan rumah, Matthaus yakin dunia akan menyorot sepak terjang Indonesia.

Ia mencontohkan bagaimana seluruh dunia menyaksikan Piala Dunia 2018 di Rusia dan nanti di Qatar pada edisi 2022. "Dunia sedang menanti berada di Indonesia," kata eks gelandang Bayern Munchen tersebut.

"Turnamen seperti ini juga bermanfaat untuk mengembangkan kualitas pemain muda Anda," tambahnya.

Seperti diketahui, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Indonesia menyingkirkan Peru dalam pemilihan.

Soal Pemain Muda

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (PSSI)

Lebih lanjut, Matthaus juga memberi saran kepada para pemain muda di Indonesia. Menurutnya, pemain muda tidak perlu terlalu menghiraukan tekanan di sekitarnya.

Matthaus menegaskan, sebagai pemain muda, yang terpenting adalah berusaha menjadi yang terbaik. "Setiap pemain punya tekanan bahkan saat Anda masih muda. Tetapi saya selalu berusaha memberikan yang terbaik. Jangan pikirkan apa kata orang," ujarnya.

Bertemu Trofi Meisterschale

Selain bertemu Matthaus, para penggemar juga berkesempatan melihat langsung trofi Meisterschale yang biasa diberikan kepada tim juara pada Bundesliga Experience.

Beberapa gim menarik turut digelar demi menyemarakan acara ini hingga akhir pekan nanti di Gelora Bung Karno, Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Istri Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan Rencanakan Teror di Bali

Posted: 13 Nov 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengembangkan kasus bom bunuh diri di Polrestabes Medan pada Rabu 13 November 2019. Polisi lalu mengamankan istri dan mertua pelaku.

Polisi menduga perempuan berinisial DA itu menyebarkan paham radikal ke suaminya RMN, yang akhirnya meledakkan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, DA terpapar lebih dahulu paham radikalisme lantaran sering berkomunikasi dengan salah seorang napidana terorisme berinisal I. Dedi menyebut, komunikasi masih terjadi hingga Rabu malam.

"I sedang menjalani proses hukuman di Lapas Klas 2 wanita di Medan," kata Dedi di Mako Brimob Kelapa 2 Depok, Kamis (14/11/2019).

Dedi membeberkan, perbicangan antara DA dan I. Keduanya sedang menyusun rencana untuk melancarkan aksi terorisme di Bali.

"Kami masih dalami komunikasinya," ujar Dedi soal pengembangan kasus ledakan bom Medan.

 

Lone Wolf?

Dedi menjelaskan, pihaknya masih mendalami kaitan DA dengan RMN (24), pria yang meledakan diri di Mapolrestabes Medan, Rabu 13 November 2019 sekira pukul 08.35 WIB. Teror itu menyebabkan pelaku tewas dan enam orang luka-luka.

"Apakah pelaku melakukan seorang diri atau ada pihak lain yang terstruktur. Saya sampaikan jejaring teroris itu ada yang terstruktur secara fisik di lapangan, ada yang di media sosial," ucap Dedi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Gaya Pemotretan Irish Bella Bertema 'Positive Smile', Memesona Banget

Posted: 13 Nov 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Irish Bella? Seleb cantik Tanah Air ini mengawali karier sebagai model pada 2009. Karier Irish di dunia akting diawali dari sinetron berjudul Tangisan Issabella yang tayang perdana di layar kaca 6 Juli 2009.

Usai Tangisan Issabella, perempuan berusia 23 tahun ini bermain di 17 judul sinetron. Terakhir, Irish dengan apik memerankan karakter Suci di sinetron SCTV Cinta Suci. Istri Ammar Zoni ini mampu memukau publik berkat kemampuan aktingnya. Wajar apabila Irish Bella kini memiliki banyak penggemar.

Nama Irish Bella sempat ramai diperbincangkan publik usai calon bayi kembarnya meninggal dunia pada 6 September 2019. Tidak mau berlama-lama dengan kesedihan, perempuan keturunan Belgia ini sudah mulai aktif di dunia entertain, termasuk menjalani agenda pemotretan. 

Terbaru, Irish Bella menjalani pemotretan dengan tema "Smilling has many postifive effects on our brains, bodies and the people around us." Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, gaya pemotretan Irish Bella tema positive smile, Kamis (14/11/2019).

1. 11 November 2019, akun Instagram @fdphotography90 mengunggah hasil pemotretan Irish Bella dengan tema positive smile.

5 Gaya Pemotretan Irish Bella Bertema 'Positive Smile', Memesona Banget (sumber: Instagram.com/fdphotography90)

2. Dengan arahan gaya dari Belly Iverzon, istri Ammar Zoni terlihat begitu memukau.

5 Gaya Pemotretan Irish Bella Bertema 'Positive Smile', Memesona Banget (sumber: Instagram.com/fdphotography90)

3. Pakaian dan hijab yang disiapkan oleh Iwan dan Eugene menambah kesan menawan dari Irish Bella.

5 Gaya Pemotretan Irish Bella Bertema 'Positive Smile', Memesona Banget (sumber: Instagram.com/fdphotography90)

4. Dengan paduan gaya elegan dan trendi, aura positif dari perempuan keturunan Belgia ini begitu terpancarkan.

5 Gaya Pemotretan Irish Bella Bertema 'Positive Smile', Memesona Banget (sumber: Instagram.com/calistamarshanda)

5. Apalagi saat Irish Bella sedang menatap tajam seperti ini. Bikin jatuh hati kan?

5 Gaya Pemotretan Irish Bella Bertema 'Positive Smile', Memesona Banget (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polsek Sukomanunggal Surabaya Bekuk Kawanan Begal Perampas HP

Posted: 13 Nov 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku perampasan telepon genggam yang berjumlah 4 orang, 3 di antaranya masih di bawah umur dibekuk aparat Polsek Sukomanunggal Surabaya. Karena nekat merampas telepon genggam milik korban pengendara motor.

NA (15), AF (17) dan SA (18), warga Dukuh Pakis Surabaya, dan AJ (35), asal Desa Sukosewu Bojonegoro digelandang aparat Polsek Sukomanunggal Surabaya, karena merampas telepon genggam di kawasan Sukomanunggal Jaya Asri Surabaya.

Modusnya, mereka berkeliling menggunakan sepeda motor mencari sasaran. Saat ada korban mengendarai motor sendirian, para pelaku menghentikan dan memukuli korban dengan dalih dituduh menabrak temannya. Selanjutnya salah satu pelaku merampas telepon genggam korban dan langsung kabur.

Kawanan begal ini mengaku telah beraksi beberapa kali dan hasil kejahatannya untuk pesta miras dan berfoya-foya, terungkapnya kasus ini, setelah korban melapor ke Polsek Sukomanunggal Surabaya, kemudian dilakukan penyelidikan dan menangkap para pelaku.

Kawanan pelaku dikenal sadis dan tidak segan menganiaya korban jika melawan atau tidak menyerahkan barang berharga miliknya. Berikut seperti dilansir Liputan6, 12 November 2019.

Kini polisi masih mengejar rekan pelaku yang kabur ke luar kota. Polisi  mengamankan barang bukti berupa 1 unit telepon genggam hasil kejahatan. Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 365, Tentang Pencurian dengan kekerasan, ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nunung Srimulat Ajukan Keberatan Atas Tuntutan 1,5 Tahun Penjara

Posted: 13 Nov 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nunung Srimulat dan suaminya, July Jan Sambiran, telah dituntut hukuman pidana satu setengah tahun.

Tuntutan tersebut dibacakan Jaksa Penuntut Umum, Bobby Mokoginta, dalam sidang lanjutan kasus narkoba Nunung Srimulat yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

"(Menuntut hakim) menjatuhkan pidana penjara pada terdakwa masing-masing selama 1 tahun 6 bulan dipotong tahanan dengan ketentuan para terdakwa perlu menjalani rehabilitasi di RSKO," kata Jaksa Penuntut Umum, Bobby Mokoginta, di dalam ruang sidang, Rabu (13/11/2019).

 

Ajukan Keberatan

Pelawak yang merupakan terdakwa Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya July Jan Sambiran saat menjalani sidang lanjutan kasus penyalahgunaan narkotika dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Terkait tuntutan tersebut, Nunung Srimulat dan suami akan mengajukan nota keberatan atau pledoi atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum atas kasus penyalahgunaan narkotika yang menjerat mereka.

 

Pekan Depan

Pelawak Nunung dan July Jan Sambiran bersiap menjalani sidang pembacaan tuntutan kasus penyalahgunaan narkotika  di PN Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019). Nunung dituntut 1,5 tahun penjara dengan ketentuan menjalani sisa hukumannya di RSKO Cibubur Jakarta Timur. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Hal itu disampaikan kuasa hukum Nunung Srimulat, Wijoyono Hadi Sutrisno. "Kami menghargai Jaksa Penuntut Umum, setelah berkonsultasi dengan beliau (Nunung dan July), mohon diberi kesempatan pembacaan nota pembelaan pada satu minggu ke depan," kata Wijoyono.

 

Keluarga Bahagia

Pelawak yang merupakan terdakwa Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya July Jan Sambiran saat menjalani sidang lanjutan kasus penyalahgunaan narkotika dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendati demikian, pihak keluarga Nunung sendiri mengakui cukup bahagia lantaran permintaan rehabilitasi bisa dipenuhi.

 

Fokus Pledoi

Pelawak Tri Retno Prayudati atau Nunung Srimulat dan suaminya July Jan Sambiran menuju ruang tahanan sebelum menjalani sidang perdana di PN Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019). Nunung dan July Jan Sambiran akan mendengar pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Dibilang berat ya pastinya berat tapi direhabilitasinya kan sudah pasti direhabilitasi. Tapi untuk tuntutan, permintaan dari keluarga sudah dipenuhi. Masalah tuntutan masih ada pledoi itu yang masih kita kejar," tutur Wijoyono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Presiden Sementara Bolivia Lantik 11 Menteri Baru

Posted: 13 Nov 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden sementara Bolivia Jeanine Anez melantik 11 menteri baru untuk membantunya menjalankan pemerintahan. Anez menyerukan pemilu segera digelar di Bolivia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia di Balik Pertumbuhan Startup Warung Umat

Posted: 13 Nov 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Startup yang berfokus pada penyediaan kebutuhan keluarga Muslim, Warung Umat, menyebut telah tumbuh pesan dalam waktu tiga bulan saja.

Warung Umat mengklaim telah berhasil menunjukkan eksistensinya sebagai startup dengan jaringan ribuan reseller yang siap membantu ibu-ibu berjualan produk-produk berkualitas. Selain itu, tersedia pula dukungan Team Academy dari Warung Umat.

Di bisnis ini Warung Umat memosisikan diri sebagai jembatan antara brand (produk) dengan ribuan jaringan mitra reseller.

Beberapa hal yang Warung Umat tawarkan kepada reseller adalah akses terhadap ratusan produk Muslim dan diskon hingga 40 persen untuk setiap transaksi penjualan. Bagi pemilik brand, produk mereka akan lebih mudah terjual dengan bantuan mitra reseller Warung Umat.

CMO Warung Umat, Alwin Agustian, telah menargetkan pertumbuhan jumlah mitra reseller mencapai sekitar seribu reseller per bulan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika dalam kurun waktu tiga bulan perusahaan bisa menjual lebih dari lima puluh ribu produk.

Kemudian CEO Warung Umat, Ivan Noor, membeberkan rahasia di balik pertumbuhan cepat perusahaan. "Pencapaian perusahaan saat ini disebabkan oleh 5P, yaitu Product, People, Price, Place/Distribution, dan Promotion," kata Ivan dalam keterangannya kepada Tekno Liputan6.com.

5P

Product

Kepuasan pelanggan menjadi prioritas Warung Umat, sehingga perusahaan sangat memerhatikan kualitas produk. Oleh karena itu, tim kurasi di Warung Umat selalu memastikan standar kualitas produk yang diterima dan bisa dijual di Warung Umat.

People

Pelayanan terbaik juga menjadi fokus Warung Umat. Ramah, sabar, dan ceria adalah nilai dari layanan pelanggan di Warung Umat.

Price Range

Harga produk yang ditawarkan juga terbilang terjangkau di kisaran Rp 50 hingga 200 ribuan. Tersedia pula diskon hingga 40 persen bagi mitra reseller.

Place / Distribution

Kejelian dalam membidik segmen pasar yang tepat juga berperan penting dalam pertumbuhan Warung Umat.

Mengenai hal ini, secara spesifik targer pasar Warung Umat adalah keluarga Muslim di rentang usia 26 hingga 35 tahun yang ingin membeli kebutuhan produk keluarga Muslim berkualitas sekaligus ingin ikut bersedekah. Adapun target reseller adalah Ibu Rumah Tangga di rentang usia 20 hingga 30 tahun di seluruh Indonesia.

Promotion

WarungUmat menawarkan sejumlah keuntungan seperti akses terhadap ratusan macam produk muslim best seller, diskon hingga 40 persen, skema dropship, free training jualan dari Team Academy, reward jualan, gratis situs web untuk berjualan, serta kehadiran komunitas Mompreneur Warung Umat

"Itulah mengapa Warung Umat dapat tumbuh dengan pesat. Dengan konsistensi untuk terus mengoptimalkan semua hal ini, tidak mustahil jika Warung Umat dapat menjadi platform jaringan penjual produk keluarga Muslim terbesar di Indonesia", tutup Ivan.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hong Kong Open 2019: Ahsan / Hendra Melaju, Fajar / Rian Tergusur

Posted: 13 Nov 2019 10:27 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong - Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menembus perempat final Hong Kong Open 2019 usai memenangkan derby. Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersingkir.

Unggulan dua ganda putra Hong Kong Open 2019 tersebut mengalahkan rekan senegara Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso 21-17, 2018 Kamis (14/11/2019).

Pada laga di Hong Kong Coliseum, Ahsan/Hendra membutuhkan 37 menit untuk memesan tiket babak 8 besar melawan pemenang Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia) vs Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen (Denmark).

Mereka mesti berjuang keras untuk menaklukkan Wahyu/Ade. Kedua pasangan bergantian merebut angka di gim pembuka hingga 14-14. Ahsan/Hendra lalu menunjukkan pengalaman dan melaju untuk memenangkan gim pertama.

Cerita serupa hadir di gim kedua. Ahsan/Hendra dan Wahyu/Ade kembali bermain ketat mencapai 12-12. Setelahnya Ahsan/Hendra memetik enam poin beruntun untuk menguasai laga dan akhirnya memperbesar rekor keunggulan melawan Wahyu/Ade menjadi 4-0.

Sayang langkah Ahsan/Hendra tidak menular ke rekan. Unggulan lima ganda putra Hong Kong Open 2019 Fajar/Rian harus mengakui keunggulan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) 19-21, 14-21.

Ruselli Hartawan Melaju

Pemain Indonesia, Ruselli Hartawan. (PBSI)

Tunggal putri Ruselli Hartawan mengikuti jejak kompatriotnya dengan menaklukkan An Se Young 21-18, 21-19. Selanjutnya Ruselli menghadapi Zhang Beiwen (Malaysia).

Indonesia masih memiliki enam wakil yang bertanding hari ini. Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Jonatan Christie (tunggal putra), Kevin Sanjaya/Marcus Gideon (ganda putra), Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah (ganda putri), Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widajaja (ganda campuran), dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Pengikut Sekte Pondok Nabi Menanti Kiamat 16 Tahun Lalu

Posted: 13 Nov 2019 10:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 300 pengikut kelompok Pondok Nabi yang menunggu kiamat di sebuah gudang di Jalan Siliwangi, Bale Endah, Bandung, Jawa Barat, 14 November 2003 silam.

Ternyata mereka berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Mereka meninggalkan daerah asal, sekitar satu hingga dua tahun sebelumnya untuk tinggal di Bandung.

Catatan Sejarah Hari Ini Liputan6.com dari berbagai sumber, mereka yakin kiamat akan berawal di Bale Endah, Kabupaten Bandung mulai 10 November 2003 hingga 11 Mei 2007.

Sebagian pengikut kelompok ini berasal dari daerah Timur Indonesia, seperti Ambon, Kupang, dan Papua. Sedangkan sisanya berasal dari Sumatera Utara dan warga Bandung.

Mereka mengaku, bergabung Pondok Nabi setelah mendengar suara gaib yang dianggap berasal dari surga. Suara itu berpesan bahwa kiamat akan tiba di Bale Endah pada 10 November 2003. Saat itu, para pengikut Pondok Nabi akan terangkat ke surga.

Untuk bergabung, para pengikut mesti pergi menuju tempat inti kelompok berada. Dalam hal ini, Pondok Nabi di Bandung. Mereka menyerahkan harta miliknya yang besarnya mencapai puluhan juta rupiah kepada kelompok ini sebagai sumbangan. Kebanyakan tidak menyisakan sedikit pun untuk mereka sendiri. Soalnya, mereka yakin tak lagi membutuhkan uang karena kiamat akan datang.

Ina, seorang anggota jemaat Pondok Nabi mengaku tetap yakin dengan ajaran Pendeta Mangapin Sibue, si pemimpin sekte tersebut.

"Meski kiamat tak terjadi, saya tetap yakin dengan ajaran Pendeta Mangapin Sibuea," kata Ina.

Ia tak peduli dengan banyaknya tanggapan sinis dan nyinyir terhadap kelompoknya. Begitu yakinnya dengan kepercayaan itu, mahasiswi Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen, Kupang, ini rela meninggalkan bangku kuliah dan pergi ke Bandung, sejak Maret 2003.

Ia mengaku, mendengar suara Tuhan pertama kali saat kuliah 2001. Suara-suara itu antara lain meminta dia untuk pergi ke Baleendah.Ina adalah satu dari sekitar 300 pengikut sekte Sibuea.

Mereka akhirnya dievakuasi polisi dari 'Pondok nabi' markas mereka di Jalan Siliwangi, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ke Gereja Bethel Tabernakel.

Selain Ina yang sudah berada di asrama 'Pondok Nabi,' ada juga Raymond asal Ambon, dan Hermina Nainggolan asal Medan. Bersama sekitar 300 orang jemaat yang lain, mereka berkumpul dan melakukan ritual, seperti menyanyi, menari, dan berpuasa, ada yang 3 hari 3 malam tak makan, ada juga yang 7 hari 7 malam tak makan.

Semua itu dilakukan untuk bersiap-siap menjemput Kiamat, 10 November 2003. Sebelum polisi mengevakuasi paksa, Raymond mengaku sempat mulai diangkat ke langit. Tapi, semuanya gagal karena ada gangguan dari pihak luar.

"Saat itu, mulai terasa ada yang masuk ke tubuh saya. Ada perasaan seakan-akan saya mulai diangkat," kata Raymond, yang bergabung sejak Juli 2003 itu.

Bagi ketiga jemaat, Mangapin Sibuea adalah sosok panutan yang menyebar ajaran kebenaran. Tak hanya oleh mereka, tapi juga oleh anggota jemaat yang lain. Tak tanggung-tanggung, menurut Raymond, jemaatnya terdiri dari banyak kalangan. Selain wiraswasta, ada mahasiswa, sarjana, bahkan sarjana strata dua.

Pengakuan Pemimpin Sekte

Ilustrasi Aliran Sesat. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Pemimpin sekte kiamat Pondok Nabi Mangapin Sibuea berkeras bahwa dia mendapat suara Allah yang menyuruhnya untuk mengabarkan tentang datangnya hari kiamat. Namun Mangapin membantah kalau dirinya mengatakan 10 November 2003 adalah hari akhir zaman. Ia hanya mengakui bahwa 10 November 2003 adalah awal atau hari pertama Nabi Musa dan Elia bertugas hingga 11 Mei 2007.

"Jadi pada 11 Mei 2007 adalah peristiwa di mana manusia sudah tidak ada lagi," kata Mangapin Sibuea di Rumah Tahanan Kejaksaan Negeri Bandung, Jawa Barat.

Keyakinan Mangapin itu berdasarkan sebuah buku yang berjudul "Kiamat Dunia Segera Akan Terjadi". Dalam buku tersebut dikatakan bahwa Nabi Musa dan Elia akan melaksanakan tugasnya pada 10 November 2003, sampai dengan 11 Mei 2007. Dalam masa tiga tahun ini untuk menguatkan anak-anak Tuhan yang tertinggal supaya tidak menghujat Yesus.

Mengutip sebuah surat Alkitab, pendeta yang pernah menulis buku berjudul "Suara Allah di Akhir Zaman" ini mengatakan bahwa akan ada pemberitahuan tanggal, bulan, dan tahun sebelum dunia kiamat. Tetapi, menurut Mangapin, hanya kepada mereka-lah [jemaat Pondok Nabi], Ia [Tuhan] memberitahukan rahasia janji.

"Yang memberitahu kalau Tuhan Yesus mau datang, bukan anak, tapi Roh Kudus," ujar dia.

Mangapin yang mengaku dirinya Rasul Paulus II ini mengaku, pada 28 Februari 1999 mendengar suara murni. Suara serupa pun didengar para pengikutnya, sehingga mereka memutuskan untuk berkumpul di Bandung.

Tak hanya itu, dalam mata terbuka, dirinya juga sudah melihat wujud Roh Kudus, pribadi Allah sebanyak tiga orang. "Saya lihat oknum Allah datang di depan saya," tegas Mangapin. Penampakan tersebut diakui telah menjelma sejak 1980.

Reaksi PGI

Cahaya warna warni menghiasi Gereja Katedral saat pemutaran video mapping tentang sejarah Kongres Pemuda II , Jakarta, Minggu (27/12/2019). Pemutaran video mapping ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan berlangsung hingga 28 Oktober. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aliran Pondok Nabi saat itu menjadi perhatian dari Persekutuan Gereja Indonesia (PGI). Sekretaris PGI, Pendeta R.H.L. Tobing menyatakan ajaran tersebut menentang dan merendahkan institusi gerejawi.

Menurut Tobing, ajaran Mangapin dapat berdampak meresahkan publik, terutama bagi kalangan umat Kristen. Karean itu, pihaknya sepakat menentang ajaran Mangapin dan mendukung tindakan hukum kepolisian terhadap tersangka.

Pernyataan bahwa ajaran Mangapin sesat juga didukung Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Departemen Agama. Bahkan, Ditjen Binmas Kristen telah melarang sekte tersebut sejak 2000 karena dinilai menyimpang dari ajaran Alkitab. Beberapa penyimpangan sekte itu yakni menentukan hari kiamat, jemaatnya diperintahkan menjual harta benda, dan meninggalkan pekerjaan.

"Kami meminta para pengikut sekte kembali ke jalan yang benar," ujar Direktur Jenderal Binmas Kristen P Siahaan di Jakarta.

Menurut Siahaan, pihaknya telah melaporkan pimpinan sekte, Pendeta Mangapin Sibuea ke kepolisian dan kejaksaan tiga tahun silam. Kasus ini kembali terungkap ketika sekte itu berkegiatan di Bandung untuk menyambut hari kiamat yang diyakini jatuh pada 10 November lalu.

Siahaan mensinyalir sekte Pondok Nabi hanya di Bandung dan tidak menyebar ke kota-kota lain. Depag telah berkoordinasi dengan lembaga-lembaga gereja untuk mengantisipasi penyebaran ajaran tersebut dan membina para penganutnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Dirut PDAM Indramayu Kasus Bupati Supendi

Posted: 13 Nov 2019 10:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur Utama PDAM Kabupaten Indramayu Tatang Sutardi. Pemanggilan ini dilakukan untuk menggali keterangan yang bersangkutan terkait kasus dugaan suap proyek lingkungan pemerintah Kabupaten Indramayu pada 2019.

"Yang bersangkutan kami panggil sebagai saksi untuk tersangka SP," kata Juru Bicara Febri Diansyah, Kamis (14/11/2019).

Selain Tatang, KPK juga memanggil dua direktur lain, yakni Kaswadi dari PT Wijaksana Putra Mulya, dan Rizki Ramadani dari PT Rizki Daya Cipta.

"Mereka juga kami panggil dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka SP," lanjut Febri.

SP alias Supendi diketahui telah ditetapkan KPK sebagai tersangka saat dia menjabat sebagai Bupati Indramayu tahun 2019. Selain Supendi, KPK juga menjerat tiga orang lainnya. Yakni Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Omarsyah (OMR), Kepala Bidang Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu Wempy Triono (WT), dan pihak swasta bernama Carsa AS (CAS).

"Sejalan dengan peningkatan status penanganan perkara ke penyidikan, KPK menetapkan 4 orang tersangka," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

Minta Komisi Proyek

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, Supendi diduga kerap meminta sejumlah uang kepada Carsa yang merupakan kontraktor pelaksana proyek pekerjaan pada dinas PUPR Kabupaten Indramayu. Supendi diduga meminta sejumlah uang kepada Carsa sejak Mei 2019 sejumlah Rp 100 juta rupiah.

Selain Supendi, Omarsyah, Wempy, dan Staf Bidang Jalan Dinas PUPR Indramayu Ferry Mulyono (FM) juga kerap menerima sejumlah uang dari Carsa. Pemberian uang diduga terkait dengan pemberian proyek-proyek dinas PUPR Kabupaten Indramayu kepada perusahaan Carsa.

"CAS (Carsa) tercatat mendapatkan tujuh proyek pekerjaan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu dengan nilai proyek total kurang lebih Rp 15 miliar yang berasal dari APBD Murni," kata Basaria.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kolaborasi Kunci Pemda Provinsi Jabar Tertibkan Aset Daerah

Posted: 13 Nov 2019 10:25 PM PST

Liputan6.com, Bandung Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat tengah menertibkan aset-aset dan barang milik daerah. Hal itu dilakukan sebagai upaya Pemda Provinsi Jabar mencegah tindak pidana korupsi.

Demikian dikatakan Pj. Sekretaris Daerah Prov. Jabar Daud Achmad usai menghadiri Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Penertiban Barang Milik Daerah (BMD) Tahun 2019 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (13/11/19).

"Rapat ini dilaksanakan karena diketahui bersama, fokus utama pencegahan korupsi oleh Korsupgah (koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi) KPK RI tahun 2019 adalah mengenai Barang Milik Daerah dan juga optimalisasi pendapatan daerah," kata Daud.

Menurut Daud, KPK RI telah menerbitkan surat perihal percepatan pembenahan pengelolaan Barang Milik Daerah kepada Gubenur/Bupati/Walikota se-lndonesia pada tanggal 26 Agustus 2019. Ada enam poin yang menjadi fokus dalam surat tersebut.

Pertama adalah penyelesaian proses pengalihan BMD akibat alih kewenangan sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014. Kemudian, penyelesaian permasalahan BMD antar Pemerintah Daerah akibat pemekaran wilayah. Ketiga, penyelesaian permasalahan BMD dengan instansi vertikal.

"Keempat, penyelesaian permasalahan BMD yang dikuasai pihak lain atau pihak yang tidak berhak. Kelima, percepatan penyelesaian sertifikasi BMD berupa tanah. Lalu keenam, pelaksanaan pengamanan BMD baik fisik, legalitas, maupun administrasi," ucapnya.

Guna mewujudkan poin-poin tersebut, kata Daud, Pemda Provinsi Jabar berkolaborasi dengan semua pihak, seperti Badan Pertahanan Nasional, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat. Tujuannya supaya semua pihak berkomitmen untuk menyelesaikan masalah aset.

"Juga sebagai pengguna barang (OPD) pun harus memerhatikan aset-aset milik daerah yang dimiliki," kata Daud mengakhiri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuala Tanjung Bakal jadi Pelabuhan Kelas Dunia

Posted: 13 Nov 2019 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dorong peningkatan kerjasama untuk optimalisasi pelabuhan Kuala Tanjung menjadi hub internasional.

Salah satunya melalui penandatanganan Head of Agreement (HoA) atau Pokok-pokok Perjanjian Optimalisasi Pelabuhan Kuala Tanjung.

"Dengan kerjasama ini diharapkan Kuala Tanjung dapat menjadi pelabuhan dan kawasan industri kelas dunia," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo, dikutip Liputan6.com, Kamis (14/11/2019).

Pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebut antara lain PT Pelabuhan Indonesia 1 (Pelindo) Perseri, Port of Rotterdam Authority dan Zhejiang Provincial Seaport Investment and Operation Group Co, Ltd.

Lanjut Agus, dengan kerjasama ini jumlah kargo yang masuk ke Kuala Tanjung akan semakin banyak. Selain itu, kerjasama ini mampu mempercepat pengembangan kawasan industri di Kuala Tanjung yang sudah terintegrasi.

Nantinya biaya logistik diprediksi akan lebih murah sehingga bisa bersaing dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Mari kita bersama-sama sukseskan pengembangan infrastruktur di Kuala Tanjung untuk mewujudkan Kuala Tanjung jadi hub internasional," tutur Agus.

Pemerintah Siapkan Pelabuhan Kuala Tanjung Jadi Hub Internasional

Pelabuhan Kuala Tanjung, Medan Sumatera Utara. Liputan6.com/Bawono

Pemerintah menjadikan Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara sebagai Pelabuhan Hubungan Internasional. Sedangkan Pelabuhan Belawan akan berfokus pada perjalanan domestik. Hal tersebut sesuai dengan rencana pembangunan yang telah dimulai sejak 2016.

"Sesuai rencana awal, Pelabuhan Kuala Tanjung akan diintegrasikan dengan kawasan industri dan telah diatur sesuai Perpres No. 3 tahun 2016 dan Perpres No. 56 tahun 2018." jelas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, Jumat (16/8/2019)

Kawasan Industri Kuala Tanjung termasuk ke dalam dua Proyek Strategis Nasional dan akan terus dikembangkan sesuai dengan hasil studi.

Rencana Induk Pelabuhan Kuala Tanjung yang telah ditetapkan oleh Kepmenhub No KP 148 tahun 2016 tersebut akan menjadi gambaran pembangunan, pengembangan, dan operasioanal pelabuhan pada jangka pendek (2017-2021), jangka menegah (2017-2026), dan jangka panjang (2017-2036). Tidak hanya untuk pembangunan, hal itu juga menjadi pengendalian dan pengawasan segala kegiatan yang berkaitan dengan kepelabuhanan.

Sejauh ini PT Pelindo I telah melakukan sejumlah langkah dalam rencana pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung. Pengembangan tersebut dilakukan secara bertahap meliputi pemindahan kapal-kapal dengan rute internasional di Pelabuhan Belawan ke Pelabuhan Kuala Tanjung. Selain itu, akses dari dan menuju kawasan hiterland akan dilayani dengan transportasi kereta api.

Pelabuhan Kuala Tanjung terletak di posisi strategis dan berada di Selat Malaka. Hal tersebut menjadi alasan Pelabuhan Kuala Tanjung dijadikan pelabuhan yang cocok diposisikan sebagai pelabuhan ekspor-impor internasional. Sedangkan Pelabuhan Belawan berlokasi di muara sungai dengan tingkat sedimentasi yang tinggi, akan berevolusi menjadi pelabuhan domestik.

Kementerian Perhubungan memberikan dukungan berupa insentif terhadap jasa labuh dan navigasi untuk eksportir-importir. Selain itu Kemenhub mendorong peralihan moda logistik di wilayah Sumatera yang didominasi dengan jalur darat agar menjadi jalur darat yang ekonomis.

Harapan kedepannya, untuk memperkuat penempatan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Internasional, sedang direncanakan pembangunan industrial pelabuhan untuk mendukung pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung seperti steel, petrochemical, fertilizer, CPO/agro-businesses dan lain-lain.

Saat ini Pelindo I menjadi yang operator sedang melakukan proses pemilihan tempat strategis untuk pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung maupun Kawasan Industri dan beserta pendukungnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Hadiri Rakornas PKS di Hotel Bidakara

Posted: 13 Nov 2019 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Rakornas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, Anies datang pukul 13.00 WIB dengan mengenakan batik berwarna merah muda. Kedatangannya langsung disambut Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Keduanya saling berjabat tangan dan berpelukan.

Saat ditanyai sejumlah awak media, Anies menyatakan hanya menghadiri kegiatan Rakornas PKS.

"Iya, acara Rakornas di Jakarta," kata Anies di Hotel Bidakara, Kamis (14/11/2019) siang.

Sebelumnya, PKS menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) hari ini 14 hingga 16 November 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Dalam rakornas itu rencananya PKS akan kokohkan sikap sebagai oposisi.

"Untuk mengokohkan sikap oposisi sebagai saluran suara aspirasi rakyat, PKS selenggarakan Rapat Koordinasi Nasional, 14-16 November 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta," kata Ketua DPP PKS Pipin Sopian pada wartawan, Kamis (14/11/2019).

Pipin menjelaskan rakornas itu akan dihadiri oleh para petinggi PKS seperti Presiden PKS Sohibul Iman hingga Ketua Majelis Syura Salim Segaf Aljufri.

"InsyaAllah dibuka oleh Ketua Majelis Syuro PKS Habib Dr Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Sekjen PKS Mustafa Kamal, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," ungkapnya.

Sambutan Anies Baswedan

Dalam jadwal acara rakornas PKS hari ini, rencananya Anies akan memberikan sambutan pada pukul 13.40 WIB. Sedangkan Sohibul akan memberikan arahan pada kadernya pada pukul 15.48 WIB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Zimbabwe Kenalkan Mata Uang Baru

Posted: 13 Nov 2019 10:22 PM PST

Orang-orang antre menarik uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Selama hampir satu dekade terakhir, masyarakat Zimbabwe menggunakan sejumlah mata uang negara lain bertransaksi pasca krisis ekonomi yang terjadi di Afrika. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Orang-orang antre menarik uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Selama hampir satu dekade terakhir, masyarakat Zimbabwe menggunakan sejumlah mata uang negara lain bertransaksi pasca krisis ekonomi yang terjadi di Afrika. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Seorang warga memegang salah satu uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Pemerintah Zimbabwe memperkenalkan kembali mata uang negaranya setelah hampir satu dekade terakhir menggunakan mata uang negara lain untuk bertransaksi. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Seorang warga memegang salah satu uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Pemerintah Zimbabwe memperkenalkan kembali mata uang negaranya setelah hampir satu dekade terakhir menggunakan mata uang negara lain untuk bertransaksi. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Seorang pria berpose dengan uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Selama hampir satu dekade terakhir, masyarakat Zimbabwe menggunakan sejumlah mata uang negara lain bertransaksi pasca krisis ekonomi yang terjadi di Afrika. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Seorang pria berpose dengan uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Selama hampir satu dekade terakhir, masyarakat Zimbabwe menggunakan sejumlah mata uang negara lain bertransaksi pasca krisis ekonomi yang terjadi di Afrika. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Seorang pria menunjukkan salah satu uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Pemerintah Zimbabwe memperkenalkan kembali mata uang negaranya setelah hampir sedekade terakhir menggunakan mata uang negara lain untuk bertransaksi. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Seorang pria menunjukkan salah satu uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Pemerintah Zimbabwe memperkenalkan kembali mata uang negaranya setelah hampir sedekade terakhir menggunakan mata uang negara lain untuk bertransaksi. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Seorang pria memegang salah satu uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Selama hampir sedekade terakhir, masyarakat Zimbabwe menggunakan sejumlah mata uang negara lain bertransaksi pasca krisis ekonomi yang terjadi di Afrika. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Seorang pria memegang salah satu uang kertas baru yang dikeluarkan Reserve Bank of Zimbabwe di Harare, 12 November 2019. Selama hampir sedekade terakhir, masyarakat Zimbabwe menggunakan sejumlah mata uang negara lain bertransaksi pasca krisis ekonomi yang terjadi di Afrika. (AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serangan Udara Israel - Gaza Memanas, 32 Orang Palestina Tewas

Posted: 13 Nov 2019 10:21 PM PST

Liputan6.com, Gaza - Kekerasan lintas batas antara Israel dan gerilyawan Gaza terus berlanjut, menyusul serangan udara Tel Aviv yang menewaskan seorang komandan Palestinian Islamic Jihad (PIJ) awal pekan ini.

Setelah jeda semalam, tembakan roket ke Israel dilanjutkan dan pesawat Negeri Bintang David melakukan serangan balasan ke Gaza pada Rabu 13 November 2019.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas mengatakan, 32 warga Palestina, termasuk anak-anak, telah tewas oleh serangan Israel, demikian seperti dilansir BBC, Kamis (14/11/2019).

Di Israel, 63 orang dirawat karena cedera dan gejala stres akibat serangan balasan gerilyawan Gaza.

Gerilyawan PIJ menembakkan roket sekitar pukul 06:30 (04:30 GMT) pada hari Rabu, memicu sirene serangan udara di Israel selatan dan tengah.

Setidaknya 360 roket telah ditembakkan ke Israel dari Gaza sejak Selasa, kata tentara Israel. Ia menambahkan bahwa 90 persen dari rudal dicegat.

Seorang wanita tua terluka oleh pecahan kaca setelah sebuah roket menghantam sebuah rumah di kota Ashkelon, Israel selatan, lapor media Israel. Roket lain menghantam sebuah pabrik di kota selatan Sderot.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan telah membom lebih banyak target PIJ di Gaza pada hari Rabu sebagai tanggapan, termasuk markas militer di Khan Younis dan pabrik pembuatan hulu ledak untuk roket jarak jauh di selatan enklave Palestina itu.

IDF mengatakan "20 teroris" terbunuh, kebanyakan dari mereka dari Jihad Islam.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 32 orang telah tewas dalam serangan Israel, setidaknya sepertiga dari mereka warga sipil.

Dai korban tewas tersebut, enam warga Palestina dari satu keluarga jadi korban satu serangan Kamis dini hari di rumah mereka di Kota Deir al-Balah, Jalur Gaza tengah.

PIJ mengatakan korban tewas termasuk anggota sayap militernya, Brigade al-Quds. Khaled Faraj, seorang komandan lapangan, tewas dalam serangan di Gaza tengah.

Itu adalah insiden paling mematikan yang dilaporkan sejak awal pertempuran saat ini.

Militer Israel belum mengomentari insiden di Gaza.

Proposal Gencatan Senjata

Jejak asap terlihat setelah roket diluncurkan dari Jalur Gaza ke Israel, Palestina, Selasa (12/11/2019). Tewasnya komandan Jihad Islam Baha Abu Al-Ata memicu serangan balasan dari militan Palestina di Gaza. (AP Photo/Hatem Moussa)

Pada Rabu malam, PIJ menawarkan syarat-syarat untuk gencatan senjata, yang mencakup diakhirinya pembunuhan yang ditargetkan oleh Israel terhadap gerilyawan dan pengunjuk rasa perbatasan Gaza dan juga langkah-langkah untuk memudahkan blokade enklave Palestina itu.

Israel sejauh ini tidak membuat komentar publik tentang tawaran gencatan senjata.

Utusan perdamaian Timur Tengah PBB Nickolay Mladenov memperingatkan bahwa eskalasi yang berkelanjutan "sangat berbahaya".

"Peluncuran roket dan mortir tanpa pandang bulu terhadap pusat-pusat populasi benar-benar tidak dapat diterima dan harus segera dihentikan," katanya. "Tidak ada pembenaran atas serangan terhadap warga sipil."

Dalam sebuah pernyataan, badan amal Save the Children mengatakan pihaknya "sangat prihatin dengan permusuhan yang meningkat baru-baru ini", menyerukan gencatan senjata segera.

"Untuk hari kedua, ratusan ribu anak terkena dampak penutupan sekolah di Gaza dan Israel selatan, dengan orang tua takut akan dampak pembalasan lebih lanjut.

"Tim kami di Gaza tidak dapat pergi bekerja dan program kami telah ditangguhkan," kata badan amal itu.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Ini Gabungkan Sketsa dengan Benda Tak Terduga, 7 Hasilnya Keren

Posted: 13 Nov 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seni memiliki kreativitas yang sangat luas. Hal tersebut membuat para seniman dapat mengekspresikan rasa seninya dengan berbagai cara. Seperti sketsa yang merupakan karya gambar yang dapat dituangkan dalam berbagai media dan berbagai cara.

Di era persaingan yang semakin ketat, para seniman sketsa mencari berbagai cara untuk menghasilkan karya berbeda dan memiliki khasnya sendiri. Salah satu seniman yang berkarya dengan caranya sendiri adalah Martha Haversham.

Wanita ini menuangkan imajinasi seninya ke dalam sketsa dengan cara yang unik. Martha mengkombinasikan gambar dengan berbagai benda yang tak terduga seperti daun, plastik, kaleng, bulu burung, kelopak bunga dan lain sebagainya. Sementara gambar sketsa yang digunakan seperti gambar kaki, wajah manusia, tangan dan lain-lain.

Meski karyanya terkesan sederhana, hanya gabungan antara gambar dengan benda namun hasilnya sangat bagus, unik dan imajinatif. Tak heran ketika Martha membagikan karyanya di akun instagramnya @smallditch, banyak warganet yang memuji dan terkesan dengan karya wanita tersebut.

Cara Martha berkarya ini memang patut diapresiasi, karena mampu menghasilkan karya seni yang unik dengan memanfaatkan benda-benda yang tidak terpakai. Penasaran seperti apa karyanya? Berikut beberapa karya seniman Martha Haversham yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/11/2019).

1. Seniman ini menggabungkan sketsa kaki dengan bulu burung, hasilnya terlihat seperti celana santai.

Sketsa (Sumber: Instagram/@smallditch)

2. Martha menggunakan kelopak bunga untuk membuat sebuah karya. Terlihat seperti rok yang indah.

Sketsa (Sumber: Instagram/@smallditch)

3. Tak terduga ia menggabungkan sedotan dengan sketsa, terlihat seperti celana pensil.

Sketsa (Sumber: Instagram/@smallditch)

4. Barang bekas tak hanya dibuang, seniman ini menggabungkan dengan sketsa. Hasilnya terlihat seperti tas.

Sketsa (Sumber: Instagram/@smallditch)

5. Karya tas lucu ini ternyata hasil gabungan sketsa dengan selembar uang.

Sketsa (Sumber: Instagram/@smallditch)

6. Sampah plastik digunakan untuk membuat gaun yang indah.

Sketsa (Sumber: Instagram/@smallditch)

7. Daun kering ia manfaatkan menjadi bulu mata yang keren.

Sketsa (Sumber: Instagram/@smallditch)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jelang Duel, Lithuania Berlatih di Kandang Portugal

Posted: 13 Nov 2019 10:20 PM PST

Para pemain Lithuania berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve pada 15 November 2019. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Para pemain Lithuania berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve pada 15 November 2019. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Para pemain Lithuania berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve pada 15 November 2019. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Para pemain Lithuania berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve pada 15 November 2019. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Para pemain Lithuania berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve pada 15 November 2019. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Para pemain Lithuania berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve pada 15 November 2019. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Gelandang Lithuania Fiodor Cernych (tengah) berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve pada 15 November 2019. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Gelandang Lithuania Fiodor Cernych (tengah) berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020 di Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve pada 15 November 2019. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Pelatih Lithuania Valdas Urbonas memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020, Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Pelatih Lithuania Valdas Urbonas memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat berlatih jelang menghadapi Portugal pada babak kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020, Estadio Algarve, Faro, Portugal, Rabu (13/11/2019). Lithuania akan menghadapi Portugal di Estadio Algarve. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Puput yang Mempesona Di D'Academy Asia 5

Posted: 13 Nov 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Puput, peserta asal Sulawesi Selatan yang berhasil meraih gelar juara 2 pada ajang pencarian bakat LIDA 2019 lalu.

Puput kini menjadi salah satu peserta D'Academy Asia 5. Puput merupakan perwakilan dari Indonesia. Pada salah satu episode, beberapa waktu lalu, Puput sukses membawakan lagu dengan sangat lantang mempesona.

Pada penampilannya kali ini, Puput membawakan lagu ciptaan dari Fazal Dath berjudul "Bisik-bisik Tetangga".

Ingin lihat bagaimana keseruan Puput di panggung D'Academy Asia 5? Saksikan selengkapnya di channel Indosiar hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Jemput Jenazah Korban Tewas Kecelakaan Maut Cipali di RSUD Subang

Posted: 13 Nov 2019 10:19 PM PST

Liputan6.com, Cikampek - Hingga Kamis Jsiang, baru empat keluarga korban tewas yang datang ke RSUD Ciereng Subang, untuk mengambil jenazah korban dalam peristiwa kecelakaan maut di Kilometer 177 Tol Cikopo - Palimana (Cipali) di wilayah Subang, Jawa Barat.

Salah satunya keluarga korban, Haris, dari Kota Pekalongan untuk mengambil jenazah pamannya Warsidin. Haris mengaku mendapatkan kabar bahwa bus yang ditumpangi pamannya mengalami kecelakaan Cipali pada Kamis pagi tadi, dari anak korban.

"Saya tadi dapat kabar, almarhum itu mau ke Jakarta dari Pekalongan untuk bekerja. Saya langsung datang ke sini. Tapi, petugasnya tadi bilang, masih menunggu jenazah dimandikan dulu," kata Haris, Kamis (14/11/2019).

Selain korban tewas, di RSUD Ciereng Subang, saat ini dirawat 26 korban luka berat dan ringan.

"Korban yang luka-luka sebagian besar luka ringan," kata Humas RSUD Subang, Mamat Abdurachmat.

Kecelakaan maut di Tol Cipali Km 117 arah Jakarta, terjadi Kamis (14/11/2019) dini hari tadi. Sebanyak tujuh orang tewas dan 26 luka-luka dalam kecelakaan maut. Sebagian besar merupakan penumpang Bus Arimbi.

 

Pengemudi Mengantuk

Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani, kecelakaan disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk.

"Kayaknya keterangan tadi malam mengantuk, oleng. Tertidur sehingga nyebrang, kan ada bekas-bekasnya," kata Teddy.

Kecelakaan bermula dari bus Sinar Jaya dikemudikan oleh Sanudin di jalur Jakarta mengarah ke Cirebon diduga hilang kendali dan menyeberang ke jalur berlawanan. Sehingga menabrak Bus Arimbi nopol B 7168 CGA yang ada di jalur Cirebon mengarah ke Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Regulasi Penggunaan Skuter Listrik di Berbagai Negara

Posted: 13 Nov 2019 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berbagai polemik skuter listrik di Jakarta jadi sorotan. Dishub DKI Jakarta pun terdorong membuat regulasi penggunaannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tulisan Kocak di Kantin Kejujuran Ini Bikin Senyum-Senyum

Posted: 13 Nov 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi anak sekolah istilah untuk kantin kejujuran mungkin sudah tidak asing lagi mereka. Sekitar sepuluh tahun lalu, ramai digalakkan kantin kejujuran di sekolah. Program yang mulia ini bertujuan untuk menanamkan perilaku jujur terhadap siswa.

Kantin kejujuran merupakan sebutan untuk warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman tanpa ada penjaga. Pembeli benar-benar dituntut untuk jujur pada diri sendiri dengan meletakkan uang pembayaran pada kotak yang tersedia. Jika uangnya berlebih, pembeli pun harus mengambilnya sendiri.

Namun, pada kenyataannya banyak kantin kejujuran yang mengalami kerugian karena barang dagangan habis, tapi uang tidak ada. Oleh karena itu biasanya akan terdapat tulisan peringatan di kantin kejujuran untuk mengingatkan pembelinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 tulisan kocak di kantin kejujuran ini bikin senyum-senyum, Kamis (14/11/2019).

1. Maaf di kantin kejujuran tidak ada yang namanya bon ya

Tulisan Kocak di Kantin Kejujuran Ini Bikin Senyum-Senyum (sumber:Instagram/awreceh.id)

2. Hati-hati jangan sesekali mencuri, yang di atas selalu mengawasi

Tulisan Kocak di Kantin Kejujuran Ini Bikin Senyum-Senyum (sumber:Instagram/awreceh.id)

3. Uang mainan itu hanya untuk mainan juga, bukan diberikan di kantin kejujuran

Tulisan Kocak di Kantin Kejujuran Ini Bikin Senyum-Senyum (sumber:Instagram/awreceh.id)

4. Mau jadi negara yang makmur, belanja di kantin kejujuran

Tulisan Kocak di Kantin Kejujuran Ini Bikin Senyum-Senyum (sumber:Instagram/awreceh.id)

5. Minuman khusus untuk mereka yang selalu jujur

Tulisan Kocak di Kantin Kejujuran Ini Bikin Senyum-Senyum (sumber:Instagram/awreceh.id)

6. Kalau enggak mau seperti ini, bayar yang jujur sehabis berbelanja

Tulisan Kocak di Kantin Kejujuran Ini Bikin Senyum-Senyum (sumber:Instagram/awreceh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Amankan Mertua dan Istri Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan

Posted: 13 Nov 2019 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengamankan tiga orang usai ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Rabu 13 November. Dua orang itu adalah istri dan kedua mertua pelaku bom Medan, RMN (24).

"Kemarin setelah dilakukan olah TKP di Polrestabes Medan, kita mengamankan istri dan mertua pelaku," kata Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto di Mako Brimob Polda Sumut, Kamis (14/11/2019).

Menurut dia, ketiga orang yang diamankan terkait bom Medan itu langsung diperiksa di Mako Brimob.

"Kita juga berkoordinasi dengan Densus 88 Mabes Polri yang sudah mem-backup Polda Sumut dan jajarannya seperti Polrestabes Medan, Polres Belawan dan semua polres," ujar Mardiaz.

Sebelumnya, ledakan terjadi di Mapolrestabes Medan di Jalan HM Said Medan pada Rabu pagi sekitar pukul 08.45 WIB.

Ledakan bom bunuh diri itu dilakukan RMN. Terduga pelaku meledakkan diri di sekitar kantin Polrestabes Medan. Akibatnya, enam orang terluka.

Telusuri

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Polisi tengah menyelidiki jaringan teroris pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan, saat ini Densus 88 Antiteror, tim dari Polrestabes Medan dan Polda Sumatera Utara tengah menyelidiki aksi terorisme ini.

"Apakah jaringan ini masuk jaringan apa, dan lain-lain, tunggu saja," kata Iqbal di Sentul, Rabu (13/11/2019).

Iqbal juga belum mengetahui jenis ledakan bom bunuh diri tersebut.

"Apakah high explosive atau apa, saat ini tim sedang bekerja. Inafis, laboratorium forensik, semua gabungan sedang bekerja untuk melakukan pengolahan tempat kejadian perkara," kata dia.

 

Reporter: Ya'cob Billiocta

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasang Kerangkeng, Cara Pengemudi Taksi Online Cegah Begal Ini Viral

Posted: 13 Nov 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tindakan begal saat ini masih marak terjadi. Tak hanya bagi pengendara motor tapi juga pengemudi mobil. Terlebih lagi aksi tersebut nyatanya tak hanya dilakukan saat malam hari tapi juga di siang hari. Tindakan begal nampaknya juga menjadi salah satu risiko yang kerap dialami para pengemudi taksi online. Namun seorang wanita pengemudi taksi online di Palembang rupanya memiliki cara unik untuk mengantisipasi hal tersebut.

Bagaimana tidak, dirinya memutuskan untuk memasang kerangkeng dari besi pada bagian bangku pengemudi di dalam mobilnya. Hal ini diunggah oleh salah satu penumpangnya yang bernama Franky Paulus. Melalui Twitter, Franky membagikan video yang memperlihatkan kondisi dalam mobil yang ditumpanginya itu.

"Sungguh menginspirasi, sebagai seorang perempuan Ibu ini sungguh kuat mengambil peran sebagai kepala keluarga, bekerja sebagai driver GOCAR tentu nya rawan akan bahaya BEGAL. Maka dari itu Ibu ini membuat kerangkeng dari Besi untuk mencegah BEGAL beraksi lebih jauh !! Share yaa," tulis akun @FrankyPaulus86.

 

foto: Twitter/@FrankyPaulus86

Dalam video itu terlihat dirinya duduk di sebelah pengemudi wanita dengan dihalangi kerangkeng besi. Sang pengemudi mengungkapkan hal ini dilakukannya untuk mencegah aksi begal.

"Di bagian belakang juga saya lapisi fiber jadi kalau begal mau nusuk dari belakang tidak bisa," ucapnya.

Viral

foto: Twitter/@FrankyPaulus86

Rupanya video yang diunggah Selasa (12/11) lalu berhasil mencuri perhatian publik. Hingga kini video berdurasi 45 detik itu telah disukai lebih dari 13 ribu kali. Tak sedikit juga memberikan komentar beragam.

"Agak awkward yaa kalo diliat, serasa di dalem mobil polisi, tapi yaa gimana ya, daripada gimana2, mencegah lebih baik. Semoga si ibu dimudahkan rejekinya, dilancarkan pekerjaannya, selamat sampai tujuan," komentar akun @IhsanRizki_48.

"Kejahatan terhadap pengendara baik taxi biasa maupun taxi ojol seringkali terjadi, sebuah upaya perlindungan diri yg cukup efektif yg dilakukan si ibu ini patut menjadi contoh," kata pemilik akun @asnug_id.

"Wah setuju sih, emng harus begini..kejahatan dtgnya bisa kapan aja, lancar rejekinya Bu," timpal @TYORivera.

Cerita Awal

foto: Twitter/@FrankyPaulus86

Franky rupanya sempat bertanya bagaimana awalnya sang pengemudi berinisiatif membuat kerangkeng di dalam mobilnya. Rupanya hal ini lantaran maraknya kejadian begal di Palembang. Berawal dari rasa takut tersebut dirinya mengantisipasi hal tersebut dengan membuat kerangkeng di bagian pengemudi mobilnya. Berikut cerita lengkap sang pengemudi taksi online tersebut:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wowteg, Konsep Warteg Masa Kini ala Pendiri Sour Sally

Posted: 13 Nov 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Warteg, bisnis rumah makan yang merakyat kini mulai dirambah Sour Sally Group. Bukan sekadar warung makan yang menjajakan beragam pilihan lauk dan sayur, kualitas warteg pun ditingkatkan agar citranya lebih baik.

Founder dan CEO Sour Sally Group Donny Pramono Ie menamai bisnis barunya dengan Wowteg. Dengan misi merevolusi industri warteg yang ada saat ini, pihaknya menonjolkan aspek jaminan kebersihan dengan pilihan makanan lebih beragam dan menyesuaikan dengan tren makanan di pasaran sebagai konsep utama.

Menurut Donny, bisnis warteg terbukti bukan hanya tren semata. Pertama kali muncul sekitar 1960-an, warteg terus bertahan, bahkan menjelma jjadi budaya bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Berdasarkan survei internal, di Jabodetabek saja terdapat lebih dari 35 ribu warteg.

Banyak orang mengandalkan warteg sebagai tempat makan dengan harga terjangkau. Nyaris semua kalangan makan di warteg untuk mengatasi rasa lapar sekaligus menghemat pengeluaran. Maka itu, ia menyebut bisnis tersebut sangat menjanjikan, lantaran market size yang besar dan peluang terbuka lebar.

Namun, berdasarkan survei pada 72 responden, banyak yang belum mau makan di warteg, lantaran aspek kebersihan dan kenyamanan.

"Masalah warteg saat ini biasanya yang dikeluhkan bukan perokok, tapi bau asap rokok tercium. Terus, maaf ya, sering di video yang disebar terlihat tikus atau kecoa. Waktu makan ingin sendiri malah ditemani kucing atau anjing," katanya dalam jumpa pers di area SIAL Interfood, JIExpo, Jakarta, Rabu, 13 November 2019.

Keluhan lainnya adalah soal peralatan yang dicuci kurang higienis. Ada lagi yang mempermasalahkan tempatnya panas dan berdempetan saat makan. Belum lagi saat melayani, tangan pelayan tak menggunakan sarung tangan saat menyendokkan makanan, padahal baru memegang uang hasil pembayaran dari pembeli.

"Jadi, yang belum makan di warteg itu bukan tidak mau, tetapi mereka meragukan kualitas dan kebersihannya," ujar Donny.

Dapur Terpusat

Kemasan kekinian dari warteg. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Berdasarkan hasil riset itu pula, ia mengklaim responden tak masalah membayar Rp5 ribu hingga Rp7 ribu lebih mahal dari harga pasaran saat ini asal kualitas makanan dan pelayanan terjamin. Untuk itu, pembenahan dimulai dari dapur tersentralisasi yang tersertifikasi HACCP.

Dapur akan memastikan seluruh bahan baku sesuai standar dan mengolahnya jadi produk dengan kualitas yang sama. Selanjutnya, produk akan didistribusikan ke warteg dalam kemasan kecil pada hari-hari tertentu. Hal itu untuk meminimalisir makanan terbuang percuma karena tidak habis.

"Kalau tidak habis, makanan pasti harus dibuang. Daripada terbuang banyak, kemasannya kecil-kecil, pemilik bisa jadi sampai lima kali (porsi) menghangatkan makanan, tapi tidak apa-apa daripada kebanyakan dibuang," kata Donny.

Berbeda dengan kebanyakan pemilik warteg yang mengolah makanan dan menjajakan di tempat yang sama, nantinya pemilik hanya akan memanaskan dan menyajikan menu sesuai kebutuhan.

"Paling nanti dari mereka akan menggoreng saja, kan tidak mungkin gorengan dimakan dingin. Itu pun ketika dikirimkan sudah berbumbu," ujarnya.

Menurut Donny, dengan dapur yang dibuat terpisah dari tempat penyajian, bisa mengurangi 50 persen masalah kebersihan di warteg. "Jadi, tikus atau kecoa yang ada di dapur kebanyakan datang karena bau dari bahan mentah, seperti ikan, ayam," sambungnya.

Menu yang ditawarkan juga beragam. Ia menyebut terdapat lebih dari 1.000 resep sudah tersedia dan bisa dimasak sesuai kebutuhan. Sebanyak 70 persen akan menghadirkan menu populer warteg, di antaranya orek tempe, telur balado, dan sayur sop.

Sementara, 30 persen sisanya adalah menu kekinian, seperti ayam korea, ayam geprek sambal matah, hingga ayam madu. "Soalnya target market kita adalah kalangan milenial," ujarnya.

Bahkan, kemasan pun dimodifikasi. Meski bentuknya mirip kertas nasi yang biasa dipakai, kualitasnya ditingkatkan agar lebih tahan bocor dan aman saat bersinggungan dengan makan.

Soal harga, satu paket Wowteg berisi satu porsi nasi, satu lauk, dan satu sayur dibanderol Rp20 ribu--Rp30 ribu. "Tapi, ada yang paling murah itu Rp15 ribu," kata Donny.

Buka Franchise

Pendiri Sour Sally, Donny Pramono Ie, menawarkan konsep warteg kekinian. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Kedai Wowteg perdana berencana dibuka sekitar Februari-Maret 2020 di Jabodetabek. Saat ini, pihaknya sedang gencar menawarkan hak franchise pada umum yang cukup mengundang minat para pengunjung pameran SIAL Interfood 2019.

Kursi yang tersedia nyaris tak pernah kosong melayani para pengunjung yang hendak berkonsultasi atau sepakat membeli hak franchise. Kesempatan franchise dibuka untuk kawasan Jabodetabek terlebih dulu, sebelum mengembangkan sayap ke Bandung dan Semarang yang direncanakan mulai akhir 2020.

"Kita cari market yang dekat dengan perkantoran, kuliahan atau kos-kosan," katanya.

Konsep warung tidak melulu berisi bangku panjang, tetapi juga bisa dengan membuka kontainer ataupun food court. Hal itu bergantung tempat yang dimiliki pihak franchise.

Tak hanya memastikan penyediaan bahan baku dan makanan jadi, franchise itu juga meliputi sistem manajemen agar operasional warteg berjalan lebih lancar. Mengingat pasar sudah stabil, masa berhak franchise berusia hingga lima tahun.

"Biasanya kalau bisnis minuman paling hanya tiga tahun," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Ahok Bisa Duduki Posisi Direksi atau Komisaris BUMN

Posted: 13 Nov 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih dalam proses seleksi di Kementerian Badan Usaha Milik Negara terkait posisinya di BUMN.

"Penempatannya di mana itu proses seleksi yang ada di Kementerian BUMN," kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Kamis (14/11/2019). 

Menurut Jokowi, Ahok mempunyai peluang untuk memimpin BUMN. "Kita tahu kinerjanya Pak Ahok, jadi ini masih dalam proses seleksi," kata Jokowi menjawab pertanyaan peluang Ahok memimpin BUMN besar seperti Pertamina.

Ketika ditanya peluang Ahok apakah di posisi komisaris atau direksi, Jokowi mengatakan bisa dua-duanya. "Bisa dua-duanya tapi pakai proses seleksi, masih dalam proses," katanya.

"Kita kan tahu kinerjanya, penempatannya di mana itu proses seleksi yang ada di Kementerian BUMN," tegasnya.

Mengenai statusnya yang masih sebagai orang parpol, Jokowi meminta wartawan menanyakan kepada Menteri BUMN.

Ketika ditanya apakah Ahok akan menempati posisi di BUMN energi, Jokowi mengatakan masalah itu sangat teknis.

"Itu sangat teknis, tanyakan ke Menteri BUMN," katanya.

Soal Ahok Jadi Direksi BUMN, Wamen Sebut Belum Tentu di Posisi Dirut

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersalaman dan bertegur sapa dengan gubernur pendahulunya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) setelah pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Basuki Tjahaja Purnama (BTP) menjadi sorotan usai diketahui dipanggil Menteri BUMN Erick Thohir. Kabarnya pria yang akrab disapa Ahok itu akan menjadi direktur utama sebuah perseroan.

Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin membenarkan bahwa Erick Thohir dan Ahok membahas isu BUMN. Ia pun menyebut memang ada penugasan bagi Ahok. 

"Betul memang Pak Ahok dipanggil Pak Erick mereka berbicara mengenai BUMN. Rencananya memang ada tugas yang diberikan ke beliau (Ahok)," ujar Budi pada Rakornas 2019 di Sentul, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019)

Mantan Dirut Inalum itu belum mau menjawab sektor mana yang akan Ahok pimpin atau kapan jadwal pengumumannya, namun ia menyebut Ahok belum tentu menjadi dirut.

"Membantu BUMN kan banyak tempatnya, kan enggak hanya dalam posisi sebagai dirut," ucap Budi.

Secara pribadi, Budi menyebut Ahok merupakan salah satu putra terbaik bangsa. Ia pun percaya Ahok layak diberikan kesempatan.

Ketika ditanya apakah penunjukan Ahok atas permintaan Presiden Joko Widodo, Budi berkata sang presiden memang menginginkan putra-putri terbaik bangsa untuk meningkatkan performa ekosistem BUMN.

"Kita membutuhkan banyak talent-talent, putra-putri terbaik bangsa untuk bisa bergabung dengan BUMN (untuk) menjalankan amanah presiden yang disampaikan oleh Pak Menteri," ujar Budi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Luar Angkasa Jepang Siap Kembali ke Bumi, Bawa Sampel dari Asteroid Terdekat

Posted: 13 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Selama kurang lebih satu tahun, sebuah pesawat ruang angkasa kecil Jepang tanpa awak telah mengambil sampel permukaan asteroid Ryugu di dekat Bumi. Selain itu, pesawat tersebut juga menangkap gambar, meledakkan kawah kecil di dalamnya, dan menembakkan "peluru" ke bagian luarnya untuk mengusir partikel.

Dilansir dari CNN, Kamis (14/11/2019), setelah melakukan perjalanan sekitar 180 juta mil, Hayabusa 2 telah memulai perjalanan selama setahun ke Bumi dengan membawa data berharga dan sampel tanah yang didapat dari sana.

Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang berharap untuk dapat menggunakan bahan-bahan tersebut guna mengeksplorasi asal-usul planet-planet dan sumber lautan di Bumi.

Pesawat ruang angkasa kecil tersebut sepertinya sudah mengalami nostalgia.

Ketika perlahan-lahan mundur dari asteroid yang disebut rumah, Hayabusa 2 telah mengambil foto real-time asteroid saat ia berangkat dan akan melanjutkan "Pengamatan Perpisahan" ini sampai 18 November mendatang.

Ryugu adalah asteroid berbentuk berlian dengan lebar hanya di bawah 3.000 kaki yang mengorbit puluhan juta mil jauhnya dari Bumi.

Usaha Hayabusa2, yang dimulai pada 2014, adalah misi pengembalian sampel pertama di dunia ke asteroid tipe-C.

Itu terjadi bersamaan dengan misi pengembalian sampel asteroid NASA sendiri, OSIRIS-Rex, yang diperkirakan akan kembali ke Bumi pada tahun 2023.

"Misi sampel yang berlangsung secara bersamaan memberikan kesempatan khusus bagi kedua lembaga untuk membandingkan temuan dan bertukar sampel," tulis Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Tentang Hayabusa 2

Pesawat ruang angkasa Hayabusa2 milik lebaga antariksa Jepang, JAXA, telah mempelajari asteroid Ryugu sedekat 3.000 kaki (900 meter) sejak Juni lalu. (Foto: JAXA)

Sebelumnya, pesawat luar angkasa Badan Antariksa Jepang (JAXA) Hayabusa-2, akhirnya berhasil mengabadikan wajah asteroid tersebut.

Dikutip Geek, Hayabusa-2 berhasil menyentuh permukaan Ryugu pada Jumat, 22 Februari 2019.

Pesawat tersebut juga telah menembak peluru kecil untuk menggapai permukaan asteroid dan mengumpulkan sampel debu dari objek ini.

Adapun foto Ryugu diambil dengan kamera ONC_W1 milik Hayabusa-2. Karena permukaan asteroid 'ditembak', foto memperlihatkan beberapa permukaan tidak rata dan berlubang.

Hayabusa-2 sendiri akan mengumpulkan sampel debu dalam kisaran 10-100 miligram, dan akan mengirimkannya ke Bumi dalam waktu dua tahun.

Dengan sampel ini, ilmuwan bisa mempelajari lebih lanjut tentang Ryugu dan asal usul terciptanya Tata Surya.

Walaupun JAXA masih belum yakin jumlah sampel yang dikumpulkan, foto yang diambil Hayabusa-2 mengkonfirmasi kalau proses pendaratan pesawat berjalan dengan lancar.

Sebelum pendaratan berlangsung, Hayabusa-2 sempat menurunkan objek berbentuk beanbag ke permukaan Ryugu. Beanbag tersebut berfungsi sebagai penanda untuk mengambil sampel di lokasi yang tempat.

Hayabusa-2 sendiri akan menghabiskan lebih banyak waktu di Ryugu pada tahun ini, Pesawat tersebut ditargetkan bakal kembali ke Bumi pada akhir 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rokok Elektrik Bikin Organ Rusak Parah, Remaja di AS Jalani Transplantasi Paru Ganda

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang remaja asal Michigan, Amerika Serikat mengalami kerusakan paru parah akibat kebiasaan mengisap rokok elektrik. Dokter pun untuk pertama kalinya melakukan transplantasi paru ganda pada pasien tersebut.

Dokter Hassan Nemeh, yang melakukan prosedur tersebut, mengatakan bahwa dia belum pernah melihat kerusakan separah itu selama dirinya mengerjakan proses transplantasi paru lebih dari 20 tahun.

"Ini adalah kondisi yang pernah saya hadapi sebelumnya," kata dokter bedah rumah sakit Henry Ford System, Detroit, Michigan, AS itu seperti dikutip dari New York Post pada Kamis (14/11/2019).

Nemeh mengatakan, apabila tidak segera dilakukan tindakan, remaja 17 tahun ini bisa meninggal dalam hitungan hari. Nemeh dan timnya pun segera melakukan operasi yang berlangsung selama enam jam pada 15 Oktober lalu.

Dua Ribu Pasien Dirawat

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Dilaporkan, remaja yang merupakan mantan atlet sekolah ini sempat dirawat pada awal September karena penyakit mirip pneumonia. Namun, kondisinya yang semakin memburuk membuatnya dipindahkan ke rumah sakit di Michigan dan mendapatkan peralatan bantuan hidup.

Nemeh mengungkapkan bahwa usia harapan hidup rata-rata bagi pasien transplantasi semacam ini biasanya bisa mencapai tujuh tahun. Namun, dia berharap pasien ini memiliki kekuatan untuk bertahan lebih lama.

Dilaporkan USA Today sebelumnya, setidaknya sudah ada sekitar 39 orang meninggal dan dua ribu pasien harus dirawat, karena kasus penyakit paru terkait rokok elektrik ini.

Semua pasien EVALI melaporkan riwayat penggunaan produk semacam itu. Banyak dari mereka yang mengungkapkan pemakaian produk vape yang mengandung tetrahydrocannabinol atau THC, bahan kimia yang juga ditemukan dalam ganja.

Center for Disease Control and Prevention sendiri belum menentukan satu senyawa atau bahan yang menyebabkan penyakit tersebut. Namun, kecurigaan mengarah pada vitamin E asetat, zat tambahan dalam beberapa produk THC yang dianggap terkait dengan EVALI.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya vs PSM Makassar: Jadwal Padat, Aji Atur Porsi Latihan

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya siap menjamu PSM Makasssar di Stadion Batakan, Balikpapan Kamis 14 November 2019. Setelah mencuri satu poin dari Tira Persikabo Sabtu (9/11) , Persebaya memang harus bermain kembali dengan jadwal yang cukup dekat.

Pelatih Persebaya Aji Santoso pun langsung memfokuskan timnya jelang kontra PSM. Sebelum terbang ke Balikpapan, para punggawa Green Force langsung melakukan sesi latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Padatnya jadwal pertandingan tidak membuat Aji kehilangan cara. Pelatih yang pernah membawa Peresebaya menjadi juara Liga 1 tahun 1997 itu membagi sesi latihan dalam ke dalam dua porsi.

"Kami memberi porsi recovery untuk pemain yang kemarin bermain agar tidak terlalu lelah. Sedangkan pemain yang tidak bermain (lawan Tira Persikabo), tetap berlatih dengan intensitas yang cukup tinggi," jelas Aji melalui Persebaya.id

Para pemain Persebaya melakukan recovery sekaligus memantapkan materi mengenai taktikal untuk mengevaluasi kesalahan pada pertandingan sebelumnya. "Kemarin dua gol yang terjadi dari bola set piece, jadi itu yang kita perbaiki hari ini," ujar Aji.

Kabar Bagus Persebaya

Pemain Persebaya Surabaya merayakan gol yang dicetak David Da Silva ke gawang Bhayangkara FC pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (31/8). Persebaya menang 2-0 atas Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)

Jelang laga ini, kabar bagus juga mendatangi Green Force. Dua penyerang Irfan jaya dan David da Silva bisa kembali merumput.

Kedua penyerang bajul Ijo itu sudah menunjukkan kemajuan kondisi mereka dengan mengikuti latihan bersama. Meskipun sudah berlatih bersama, kedua pemain tersebut belum tentu masuk kedalam line up karena masih harus menunggu observasi lanjutan.

 

Prediksi Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (belakang); Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Diogo Campos (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Elisa Basna

Pelatih: Aji Santoso

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper), Beny Wahyudi, Aaron Evans, Raphael Maitimo, Taufik Hidayat (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, M. Arfan (tengah); Rizky Eka, Amido Balde, Ezra Walian (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

(Balwa Ramadhan/Mg)

Saksikan Video Persebaya di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terobosan Obat Baru Sakit Gigi dari Surabaya

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Tim peneliti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (Unair) memanfaatkan doxycycline dosis rendah sebagai fotosensitizer.

 Penelitian ini dilakukan Dr. Suryani Dyah Astuti  bersama tim peneliti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (Unair) yakni Prof Ernie Maduratna Setiawatie. Hal ini berawal dari metode terapi dengan Photodynamic Therapy (PDT) telah banyak diaplikasikan, salah satunya pada terapi penyakit gigi yang disebabkan oleh bakteri.

PDT merupakan suatu metode yang digunakan untuk menghilangkan suatu sel yang berbahaya atau tidak dikehendaki seperti kanker dan bakteri penyebab penyakit infeksi.

Kombinasi cahaya dan fotosensitiser tertentu pada PDT akan menyebabkan fotoinaktivasi pada bakteri, yaitu penghambatan aktivitas metabolisme sel karena  kerusakan membran sitoplasmik akibat peroksidasi oleh oksigen reaktif. 

Mekanisme fotoinaktivasi melibatkan proses fotosensitisasi, yaitu proses penyerapan cahaya oleh molekul yang bersifat fotosensitiser (porfirin) pada bakteri yang selanjutnya mengaktivasi terjadinya reaksi kimia menghasilkan berbagai spesies oksigen reaktif.

Fotosensitiser adalah zat pengabsorpsi cahaya dalam PDT. Umumnya fotosensitiser yang digunakan adalah methylene blue. Berbagai literature menunjukkan fotosensitiser itu bersifat toksik.

"Doxycycline merupakan obat gologan antibiotik tetrasiklin yang digunakan untuk mengobati sejumlah infeksi bakteri. Doxycycline dalam dosis biasa atau harian banyak dipergunakan karena memiliki spektrum yang luas pada efek kemanjuran antibiotik," tutur dr Dyah, Rabu, 13 November 2019.

Dibandingkan dengan jenis antibiotik tetracycline lainnya, doxycycline memiliki rentang lebih luas pada jenis mikroba Gram-negative dan Gram-positive. 

Pemberian doxycycline dosis rendah untuk inaktivasi bakteri dapat meminimalkan efek samping sebagai antibiotik dan tidak menyebabkan bakteri menjadi resistan. Spektrum absorpsi cahaya dari doxycycline terletak pada spektrum panjang gelombang cahaya tampak 380-780 nm, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai agen fotosensitiser. 

Penelitian doxycycline melalui tahap in vitro, in vivo dan klinis. Pada tahap in vitro diujicobakan pada bakteri penyakit gigi (planktonik) dan biofilm. Hasil penelitian menunjukkan pada bakteri (planktonik) doxycycline 0.1 persen menunjukkan aktivitas sensitif. Sedangkan pada biofilm menunjukkan adanya resisten. 

Hal ini disebabkan karena doxycycline tidak mampu menembus pori biofilm, sehingga pada dosis yang rendah tidak sensitive. Pada uji in vivo yaitu pada hewan coba model periodontitis menggunakan doxycycline dan dentolaser menunjukkan adanya perbaikan jaringan secara signifikan berdasarkan hasil uji histopatologi anatomi (HPA).

Pada penelitian tersebut, doxycycline yang digunakan meliputi dua ukuran partikel yakni, dalam ukuran mikro dan nano. Pada skala mikro, doxycycline diencerkan dengan aquades. Sedangkan pada skala nano, doxycycline dibuat dalam skala nano secara mekanis dan filtering kemudian diencerkan dengan aquades. 

"Justifikasi ukuran nano menggunakan pengujian Particle Size analyzer (PSA) dan spektroskopi infra merah untuk mengetahui gugus fungsi masing-masing molekul. Pengujian spectrum serap dengan spektroskopi UV Visible menunjukkan adanya pergeseran panjang gelombang dari ukuran mikro ke nano, pada ukuran nano mampu menyerap energi cahaya 67 persen. Sedangkan pada ukuran nano 84 persen. Kemampuan serapan energi cahaya ini sebanding dengan efektivitasnya untuk inaktivasi bakteri," ujar dosen peminatan Biofisika dan pada Fisika Medis Departemen Fisika Universitas Airlangga tersebut.

Selanjutnya

Dyah, menambahkan, pada penelitian yang dilakukan menggunakan doxycycline 0.1 persen.  Pada dosis itu berdasarkan hasil uji pendahuluan menunjukkan resistensi bakteri dan doxycycline berperan sebagai agen penyerap cahaya (fotosensitiser).

Serbuk doxycycline dilarutkan dalam aquades sesuai konsentrasi, selanjutnya diinkubasi pada kultur bakteri yang selanjutnya dilakukan pemaparan dentolaser.

Penggunaan doxycycline 0,1 persen sebagai fotosensitiser dengan activator dentolaser 405 nano meter (nm) menunjukkan efektivitas fotoinaktivasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan doxycycline saja.

Hasil dari penelitian in vitro doxycycline menunjukkan adanya perbedaan efikasi pada masing-masing treatment. Penggunaan laser saja mampu mereduksi biofilm sekitar 31 persen. Penggunaan mikro doxycycline dengan laser itu sekitar 60 persen. Sedangkan nano doxycycline dengan laser itu 80 persen.

Berdasarkan keberhasilan hasil uji in vitro dan in vivo maka dilanjutkan dengan uji klinis pada kasus periodontitis yang dilakukan oleh Prof. Ernie Maduratna S. Hasil uji klinis dengan doxycycline dan dentolaser menunjukkan hasil yang sangat baik.

Dengan ada, penelitian tersebut, Dyah berharap ke depan, semakin banyak produk inovasi yang dihasilkan. Inovasi tidak harus dimulai dari high technology, tapi dimulai dari hal sederhana di sekitar kita bisa menjadi produk inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.                                 

"Justru itu yang kita perlukan terutama untuk terobosan-terobosan inovasi pada dunia kesehatan. agar biaya pengobatan bisa terjangkau masyarakat," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IRC Rilis Ban Baru, Ini Rinciannya

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang tutup tahun, IRC Tire merilis dua ban sepeda motor terbaru, yakni RMC830 dan EcoTrax. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, RMC830 merupakan ban radial yang bisa digunakan untuk balap, sementara EcoTrax adalah ban untuk pemakaian harian. Keduanya merupakan tipe tubeless.

"IRC mengembangkan ban Radial RMC830 untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Peralihan ke spesfikasi ban radial dikarenakan IRC sudah dikenal untuk racing di Asia Tenggara. Di samping Ban Radial RMC830, IRC juga mengembangkan generasi terbaru ban ramah lingkungan yaitu NR96 EcoTrax"

"Ban ini dikembangkan sebagai peningkatan kualitas dan pengganti NR91 Enviro yang sudah jadi favorit masyarakat Indonesia. Memakai teknologi canggih, IRC berkomitmen membuat ban dengan rolling resistance (hambatan gulir) yang lebih baik," terang Takenori Nakamoto, Head of Global Sales IRC Tire di Proving Ground PT Gajah Tunggal Tbk, Karawang, Jawa Barat, Kamis (14/11/2019).

Lebih lanjut dirinya menyebutkan, IRC RMC830 dikembangkan oleh teknisi dari Jepang untuk Asia Tenggara dan riders dari Indonesia. "Bukan saja untuk balapan, ban ini juga sangat nyaman dan aman untuk dipakai dengan kecepatan tinggi di jalanan Indonesia maupun Asia Tenggara. Tujuan kami, ban IRC bukan hanya digunakan untuk komunitas balap, tapi juga para pecinta motor sport yang tiap tahunnya meningkat," tambahnya.

 

Beragam Ukuran

EcoTrax ditawarkan dalam enam ukuran, di antaranya 70/90-14, 80/90-14, 90/90-14, 70/90-17, 80/90-17 dan 90/90-17. Sementara RMC830 terdapat dua ukuran, yakni 110/70-17 dan 140/70-14.

Menyoal harga, EcoTrax dibanderol Rp 210 ribu untuk ban depan dan Rp 240 ribu untuk belakang. Sementara RMC830 Rp 2,4 juta per set. Disebutkan, ban anyar IRC tersebut sudah tersedia di outlet MotoXpress.

"Harga Rp 2,4 juta untuk yang RMC830 itu masih harga perkenalan, tapi kalau sudah normal harga tidak akan jauh dari harga perkenalan tersebut," ujar GM Sales Replacement Motorcycle PT Gajah Tunggal Tbk Fenton Salim ditempat yang sama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Orang Menyelesaikan Masalah Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjalani kehidupan tentu saja tak selamanya berjalan dengan baik sesuai dengan keinginanmu. Ada kalanya kamu harus menghadapi masalah baik itu kecil ataupun besar.

Namun, dalam setiap masalah yang menimpamu, tentu saja ada cara untuk menyelesaikannya. Bahkan, saat kamu harus berpikir cepat untuk menyelesaikan permasalahan, justru ide-ide kreatif akan bermunculan.

Seperti yang dilansir Liputan6.com dari Brightside, Kamis (14/11/2019) beberapa cara orang untuk menyelesaikan sebuah masalah justru terlihat sangat kreatif. Bisa jadi, cara kreatif yang dilakukan oleh orang-orang tersebut tak pernah terpikirkan sebelumnya olehmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Brightside, Kamis (14/11/2019) cara orang menyelesaikan masalah dengan solusi kreatif yang bisa bikin kamu geleng kepala.

1. Duh, enggak perlu bongkar dinding agar televisimu terlihat datar seperti ini.

Menyelesaikan masalah (Sumber: Brightside)

2. Logo salah satu brand mobil ini cukup multifungsi ya

Menyelesaikan masalah (Sumber: Brightside)

3. Biar lebih romantis nih makan malamnya

Menyelesaikan masalah (Sumber: Brightside)

4. Mempercantik halaman belakang sekaligus berolahraga nih

Menyelesaikan masalah (Sumber: Brightside)

5. Cincin pernikahan tetap berada di jari manis agar tetap harmonis

Menyelesaikan masalah (Sumber: Brightside)

6. Duh, kelakuan siapa nih?

Menyelesaikan masalah (Sumber: Brightside)

7. Menyiasati kerusakan di badan mobil ya

Menyelesaikan masalah (Sumber: Brightside)Menyelesaikan masalah (Sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Para Pekerja di Manila Ikut Pelatihan Antisipasi Gempa Bumi

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Karyawan pusat perbelanjaan menutupi kepala mereka di sepanjang jalan ketika mereka berpartisipasi dalam latihan gempa di Manila (14/11/2019). Latihan ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional menyusul berbagai gempa yang melanda pulau Mindanao bulan lalu. (AFP Photo/Ted Aljibe)

Karyawan pusat perbelanjaan menutupi kepala mereka di sepanjang jalan ketika mereka berpartisipasi dalam latihan gempa di Manila (14/11/2019). Latihan ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional menyusul berbagai gempa yang melanda pulau Mindanao bulan lalu. (AFP Photo/Ted Aljibe)

Karyawan pusat perbelanjaan menutupi kepala mereka di sepanjang jalan ketika mereka berpartisipasi dalam latihan gempa di Manila (14/11/2019). Latihan ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional menyusul berbagai gempa yang melanda pulau Mindanao bulan lalu. (AFP Photo/Ted Aljibe)

Karyawan pusat perbelanjaan menutupi kepala mereka di sepanjang jalan ketika mereka berpartisipasi dalam latihan gempa di Manila (14/11/2019). Latihan ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional menyusul berbagai gempa yang melanda pulau Mindanao bulan lalu. (AFP Photo/Ted Aljibe)

Karyawan pusat perbelanjaan melindungi kepalanya sambil berjalan saat mengikuti latihan gempa di Manila (14/11/2019). Latihan ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional menyusul berbagai gempa yang melanda pulau Mindanao bulan lalu. (AFP Photo/Ted Aljibe)

Karyawan pusat perbelanjaan melindungi kepalanya sambil berjalan saat mengikuti latihan gempa di Manila (14/11/2019). Latihan ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional menyusul berbagai gempa yang melanda pulau Mindanao bulan lalu. (AFP Photo/Ted Aljibe)

Karyawan pusat perbelanjaan berpartisipasi dalam latihan gempa di Manila (14/11/2019). Latihan ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional menyusul berbagai gempa yang melanda pulau Mindanao bulan lalu. (AFP Photo/Ted Aljibe)

Karyawan pusat perbelanjaan berpartisipasi dalam latihan gempa di Manila (14/11/2019). Latihan ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional menyusul berbagai gempa yang melanda pulau Mindanao bulan lalu. (AFP Photo/Ted Aljibe)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Roy Kiyoshi Bereaksi Gara-gara Wajahnya Dibilang Mirip Logo Arsenal

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Roy Kiyoshi, salah satu artis yang sering di-bully alias dirundung warganet.

Sejumlah orang menilai presenter terkenal ini memiliki bentuk wajah tidak biasa.

Roy Kiyoshi mengakui banyak orang yang menyamakan wajahnya dengan berbagai benda. Meski begitu, ia menghadapi dengan sabar dan tabah. 

"Aku mau dikatai jelek, beauty blender-lah, muka enggak simetris, muka kayak logo Arsenal-lah itu aku diam banget," kata Roy Kiyoshi di bilangan Kapten Pierre Tendean, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Ada Banyak Perundungan

Roy Kiyoshi dikenal karena kelebihan yang dimilikinya. Roy memiliki semacam pengelihatan yang tidak dimiliki orang pada umumnya. Roy dapat disebut anak indigo. (Liputan6.com/roykiyoshi)

Rupanya Roy Kiyoshi sering membaca komentar yang ditulis warganet. Meski kalimatnya menyakitkan, Roy Kiyoshi enggan menanggapi.

"Coba, deh lihat Instagram aku. Ada banyak bully-an. Kayak beauty blender, mukanya enggak simetris, mukanya kayak telur ayam, ngondek, dan segala macam," beri tahu Roy Kiyoshi.

Merasa Tak Punya Musuh

Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Aku enggak ada musuh sama sekali, tapi kalau haters iyalah pasti. Setiap figur publik pasti punya haters. Aku cuek, mau dibilang apa, terserah," Roy Kiyoshi menyambung.

Namun akhir-akhir ini ada kasus yang membuat kesabarannya habis. Seperti ramai diberitakan, ia terseret kasus fitnah pesugihan bisnis Ruben Onsu oleh salah satu oknum.

Imbauan untuk Warganet

Roy Kiyoshi (Instagram/@roykiyoshi)

Tak main-main, Roy Kiyoshi bakal melaporkan pelaku ke pihak berwajib. Meski sudah memaafkan, ia memastikan laporan tetap berjalan.

"Sekarang saatnya gue lakukan tindakan. Netizen mahabenar jangan terlalu kejam, ya. Teman yang usil jangan usik-usik figur publik lain. Intinya saya akan ke jalur hukum karena sudah memfitnah saya dan Ruben Onsu. Atau mengadu domba," jelasnya.

Berawal Dari Kanal YouTube

Roy Kiyoshi selama beberapa waktu ini menjadi perhatian publik dengan perubahan wajahnya. (Instagram/@roykiyoshi)

Seperti diketahui, Robby Purba membuat konten mengenai restoran yang menggunakan ritual pesugihan. Narasumbernya Roy Kiyoshi dan anak indigo berinisial D.

Robby Purba bertanya kepada Roy Kiyoshi dan D terkait restoran di Indonesia yang menggunakan pesugihan. Roy Kiyoshi menyebut inisial R sementara D menyebut G.

Pemilik saluran YouTube Hikmah Kehidupan kemudian mengutip konten tersebut dan dituangkan dalam bentuk narasi. Sang pemilik konten mengansumsikan inisial R dan G sebagai bisnis kuliner milik Ruben Onsu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Efek 'November Rain', Banjir Melanda 6 Kabupaten di Aceh Sejak Awal Bulan

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Banjir merendam puluhan rumah di Aceh Tenggara sejak kabupaten itu diguyur hujan deras pada Selasa (12/11/2019). Sebanyak 22 Kepala Keluarga (KK) atau 89 jiwa dilaporkan terdampak akibat bencana tersebut.

Air mulai menggenangi permukiman pada malam hari dan dilaporkan belum surut hingga Rabu siang. Tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir ini, sementara jumlah warga yang mengungsi masih didata pihak terkait.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa banjir yang melanda Desa Bambel, Kecamatan Kuning Satu mengakibatkan sebuah tanggul jebol. Air dari tanggul tersebut meluber hingga ke jalan lintas nasional.

"BPBD Kabupaten Aceh Tenggara masih melakukan pemantauan di sekitar aliran Sungai Lawe Tuban," jelas Kepala BPBA, Sunawardi, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu malam (13/11/2019).

Rekapitulasi November

Longsor menutupi badan jalan di Kabupaten Gayo Lues pada November 2019 (Liputan6.com/Rino Abonita)

BPBA dalam rekapitulasinya menyebutkan bahwa Aceh dilanda beberapa kali kejadian banjir dalam bulan ini. Badan tersebut membaginya dalam tiga jenis banjir yang berbeda, yakni luapan, bandang, dan genangan.

Kabupaten Aceh Tenggara mengalami dua kali banjir luapan. Sementara banjir bandang dan genangan terjadi masing-masing sebanyak satu kali, dengan total warga terdampak sebanyak 985 jiwa dari 16 desa.

Banjir luapan juga terjadi di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Utara, Langsa, dan Aceh Barat, masing-masing satu kali kejadian. Sementara, Kabupaten Aceh Timur mengalami banjir genangan sebanyak satu kali kejadian.

Total jumlah desa dari enam kabupaten yang dilanda banjir sebanyak 56 desa yang tersebar di 21 kecamatan. Adapun total jumlah warga terdampak sebanyak 2.090 jiwa.

Selain banjir, hujan deras telah menyebabkan longsor di kabupaten Gayo Lues dan Aceh Barat. Total kerugian akibat bencana-bencana tersebut diperkirakan mencapai Rp 565.000.000.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Uniknya Lomba Kelinci Cantik di Magelang

Posted: 13 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ratusan kelinci unggulan berbagai jenis dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Meriahkan Magelang Rabbit Festival 2019 di Kompleks Wilayah 2 Magelang, Rabu (13/11/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Tegaskan Bom di Medan Bukan Dipicu Larangan Cadar

Posted: 13 Nov 2019 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Fachrul Razi membantah aksi bom bunuh diri di Medan dipicu wacana larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang.

"Ya enggak lah," tegas Fachrul Razi, Kamis (14/11/2019).

Fachrul meminta semua pihak tak berspekulasi macam-macam soal penyebab aksi bom bunuh diri itu.

"Saya kemarin ke UI (Universitas Indonesia), bagus sekali itu. Udah lah. Kamu jangan ngarang cerita," kata dia.

Ledakan bom bunuh diri terjadi di Polrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Rabu (13/11/2019), sekitar pukul 08.45 WIB. Saat itu, polisi baru saja selesai apel dan banyak warga yang hendak mengurus SKCK.

Akibat ledakan tersebut, pelaku bernama Rabbial Muslim Nasution tewas dan 6 orang lainnya mengalami luka-luka.

Berdasarkan identitas dan sidik jari jenazah yang diambil oleh tim Inafis Polri, pelaku lahir di Medan dan berstatus mahasiswa atau pelajar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Aman Mengendarai Skuter Listrik GrabWheels

Posted: 13 Nov 2019 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - GrabWheels adalah layanan tambahan di aplikasi Grab yang memungkinkan kamu untuk menggunakan e-skuter atau skuter listrik.

Untuk saat ini kamu bisa menemukan lokasi e-skuter GrabWheels di Green Office Park (BSD City), Lippo Karawaci, Bintaro, Universitas Indonesia dan Soekarno-Hatta International Airport T3. GrabWheels akan diluncurkan secara bertahap di beberapa lokasi di Indonesia.

Belakangan ini banyak masyarakat memanfaatkan GrabWheels sebagai transportasi alternatif selain ojek online. Namun sayangnya, masih banyak dari mereka yang terlihat tidak menggunakan pengaman, seperti helm.

Di sisi lain, ada juga pengguna GrabWheels yang mengendarai skuter listrik ini lebih dari satu orang alias boncengan.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, berikut tips aman mengendarai GrabWheels dari Grab:

  • Pastikan rem berfungsi setelah kunci dibuka
  • Pakai helm selama berkendara
  • Injak rem kaki untuk melambat atau berhenti
  • Turun dan tuntun saat jalanan curam, tidak rata, atau basah
  • Pastikan lampu selalu menyala
  • Pakai sepatu untuk lindungi kakimu
  • Perhatikan sekelilingmu
  • Jangan lampaui batas kecepatan 15km/jam
  • Jika kamu harus berkendara di jalan raya, selalu berada disisi kiri jalan dan jangan melawan arus
  • Skuter hanya untuk 1 orang. Dilarang berkendara lebih dari 1 orang per skuter.
  • Selalu kembalikan e-Skuter di tempat parkir GrabWheels untuk menghindari denda Rp 300 ribu

 

Hal yang Perlu Diperiksa Sebelum Berkendara

Pengunjung saat berkeliling menggunakan skuter listrik di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Pengelola Ancol kini menyediakan penyewaan skuter listrik berbasis aplikasi untuk pengunjung berkeliling kawasan pantai dengan tarif Rp.20.000 per 30 menit. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelum berkendara, lakukan pemeriksaan singkat untuk hal-hal berikut (butuh waktu kurang dari 1 menit).

  • Sebelum membuka GrabWheels, cek Level baterai dengan menekan e-skuter dari aplikasi untuk memeriksa level baterai.
  • Setelah membuka GrabWheels, tes rem tangan dengan menekan tombol merah.
  • Lalu, cek lampu depan dengan menyelakannya ketika pencahayaan redup dengan menahan tombol di layar e-skuter selama 2 detik.
  • Periksa standar dengan menggesernya ke atas sebelum berangkat.
  • Periksa bahwa tidak ada orang lain di dekatmu sebelum berangkat.
  • Demi keamanan, kamu wajib menggunakan helm dan rompi keselamatan selama mengendarai skuter.

 

Cara Menyelesaikan Perjalanan

Pengguna jalan mengendarai otopet atau skuter listrik di Jakarta, Rabu (16/10/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan akan memasukkan skuter listrik ke dalam jenis kendaraan ramah lingkungan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Berikut ini cara untuk menyelesaikan perjalanan GrabWheels:

  • Posisikan dan parkir skuter di tempat parkir khusus GrabWheels
  • Pindai kode QR yang tersedia di tempat parkir
  • Tekan End Trip di aplikasi

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI Desak Grab Setop Layanan Penyewaan Skuter Listrik

Posted: 13 Nov 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak manajemen Grab untuk menghentikan penyewaan skuter listrik sebelum memperbaiki aspek keselamatan dan melakukan edukasi kepada masyarakat.

"YLKI meminta manajemen Grab untuk menghentikan sewa skuter listrik sebelum memperbaiki aspek keselamatan atau safety kepada calon penggunanya," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dikutip dari Antara, Kamis (14/11/2019).

Tulus mengatakan bahwa pihaknya menduga kuat manajemen Grab belum atau tidak memberikan edukasi atau petunjuk teknis (juknis) yang kuat kepada pengguna Grabwheel, tentang mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, terutama terkait aspek keselamatan.

YLKI meminta dan mendesak para pihak yang menyewakan skuter listrik, terutama Grab untuk memastikan dan menjamin bahwa pengguna skuter listrik tersebut telah paham tentang hal ikhwal terkait rambu rambu lalu lintas, dan aspek yang lebih detil, terutama dari sisi keselamatan.

Dari sisi infrastruktur belum memberikan dukungan yang memadai untuk jalur skuter listrik. Dan belum pula ada sosialisasi yang memadai kepada penggunanya, yang bisa jadi masih minim literasi terkait kepatuhan berlalu lintas.

"Bandingkan dengan pengguna sepeda di Belanda, yang 40 persennya telah mendapatkan edukasi sejak dini, terkait aspek keselamatan dalam berlalu lintas menggunakan sepeda," kata Tulus.

Pengguna Skuter Listrik Meninggal di Senayan

Pengguna jalan mengendarai otopet atau skuter listrik di Jakarta, Rabu (16/10/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan menyiapkan regulasi untuk penggunaan skuter listrik di jalur sepeda. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Enam orang menjadi korban tabrak lari saat mengendarai skuter listrik di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, 10 November 2019. Dua orang tewas, sedangkan empat orang lainnya luka-luka. 

Kejadian ini viral setelah kakak dari salah satu korban membagikan status di media sosial twitter.

Salah satu korban, Fajar Wicaksono (19) menceritakan, saat itu dirinya bersama lima temannya yaitu Rel Wandani, Tri Wulansari, Bagus Laksono, Wisnu Chandra Gunawan, Amar Nawar Tridarma menjajal skuter listrik yang disediakan di stasiun GrabWheels FX Sudirman. 

Dia menyewa tiga skuter pada pukul 01.00 WIB. Mereka pun keliling kawasan Senayan. 

Wisnu Chandra Gunawan berbocengan dengan Amar Nawar. Sementara Bagus Laksono dengan Rel Wandani. Sedangkan dirinya berbocengan dengan Tri Wulansari.

Tepat di Fly Over Senayan, skuter listrik yang dikendarai Wisnu kehabisan baterai di Fly Over Senayan. 

"Satu skuter lowbat akhirnya tukeran skuter sama Bagus yang lagi boncengan dengan Wanda. Skuter yang lowbat sendirian. Sementara saya menjadi bonceng bertiga Wanda dan Wulan," ucap dia.

Mereka terus berjalan iring-iringan. Fajar mengaku berada di posisi paling depan. Disusul Bagus, dan paling belakang Wisnu dan Amar.

Tiba-tiba, dari arah yang sama melaju kencang satu unit kendaraan Toyota Camry. Kendaraan tersebut menabrak skuter listrik yang dikendarai Bagus, dan Amar yang berboncengan dengan Wisnu.

"Kejadiannya pukul 3 pagi di depan gate 3 Sudirman. Bagus mental ke arah depan, sedangkan Amar dan Wisnu ke samping depan trortoar," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Jokowi Serahkan DIPA Tahun 2020 di Istana

Posted: 13 Nov 2019 09:47 PM PST

Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa  Tahun 2020 di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). Jokowi menyerahkan DIPA kepada kepada kementerian, lembaga, dan daerah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). Jokowi menyerahkan DIPA kepada kepada kementerian, lembaga, dan daerah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepad Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepad Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani saat acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa  Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani saat acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola Kualifikasi Piala Eropa 2020, Malam Ini

Posted: 13 Nov 2019 09:46 PM PST

Jakarta - Laga-laga di ajang kualifikasi Piala Eropa 2020 akan kembali digelar. Dari tujuh duel yang tersaji, pertempuran Timnas Inggris menghadapi Montenegro bakal mencuri perhatian.

Laga lanjutan Grup A kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley tersebut merupakan partai spesial untuk Inggris. Pasalnya, The Three Lions bakal menjalani pertandingan internasional yang ke-1000.

Seperti dilansir BBC, dari 999 pertandingan sebelumnya, Timnas Inggris meraih 568 kemenangan, 241 hasil imbang, dan menelan 190 kekalahan. Mereka juga mencetak 2188 gol dan kebobolan 984 gol.

Melakoni duel spesial ini, Inggris juga bertekad memetik kemenangan atas Montenegro. Hasil positif akan membuat Tim Tiga Singa semakin dekat untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Saat ini, mereka berada di puncak Grup A dengan nilai 15. Timnas Inggris unggul tiga poin atas Republik Ceska di peringkat kedua, dan empat poin atas Kosovo di urutan ketiga.

Selain Inggris versus Montenegro, pertandingan menarik lainnya yang akan tersaji adalah Portugal melawan Lithuania dan Prancis yang meladeni Moldova.

Berikut ini adalah jadwal pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020, Jumat (15/11/2019):

Grup A

Raheem Sterling cetak gol untuk Timnas Inggris saat melawan Kosovo (Adrian Dennis/AFP)

Jumat, 15 November

Republik Ceska Vs Kosovo - pukul 02.45 WIB

Inggris Vs Montenegro - pukul 02.45 WIB

Grup B

Cristiano Ronaldo (tengah) saat mengikuti sesi latihan bersama Timnas Portugal jelang laga Grup B kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Lithuania, di Stadion Do Algarve, Kamis (14/11/2019). (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Jumat, 15 November

Portugal Vs Lithuania - pukul 02.45 WIB

Serbia Vs Luksemburg - pukul 02.45 WIB

Grup H

Striker Timnas Prancis, Antoine Griezmann, pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Albania  di Stade de France, Paris, Sabtu (7/9/2019) (Lionel Bonaventure / AFP)  AFP

Jumat, 15 November

Turki Vs Islandia - pukul 00.00 WIB

Albania Vs Andorra - pukul 02.45 WIB

Prancis Vs Moldova - pukul 02.45 WIB

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat/Aning Jati, Published 14-11-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarling di Sukabumi: Atalia Ridwan Kamil Keliling Pasar, Posyandu Hingga Objek Wisata

Posted: 13 Nov 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Sukabumi Di Siaran Keliling (Sarling) Edisi 11, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Ridwan Kamil mengunjungi berbagai lokasi di Kabupaten Sukabumi untuk bertatap muka dan berbincang langsung dengan masyarakat.

Kali ini, lokasi pertama yang dikunjungi Atalia adalah Pasar Sukaraja. Sambil meninjau kondisi pasar, sosok yang dikenal sebagai Ibu Cinta ini berdiskusi dengan para pedagang kios-kios produk unggulan yang ada.

Dari pasar, Atalia bergeser menuju rumah anak penderita stunting di Kampung Cimuncang Pasir Desa Kebonpedes. Berikutnya, Atalia juga menyempatkan diri meninjau Posyandu Mawar VII dan PAUD Al-Mukhtariyah.

Atalia mengatakan, Sarling yang melibatkan berbagai stakeholder termasuk perangkat daerah di 27 kabupaten/kota se-Jabar ini merupakan upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar untuk membangun masyarakat peduli kesehatan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta pembangunan yang merata.

"Kegiatan seperti ini (Sarling) penting untuk dilakukan sebagai bentuk pembinaan dari Provinsi Jawa Barat, juga PKK yang juga merupakan mitra di dalamnya, untuk melakukan berbagai program kepada masyarakat," ucap Atalia saat melakukan Siaran Keliling #11 di Kabupaten Sukabumi, Rabu (13/11/19).

"Yang pertama kita datangi (adalah) pasar, juga karena saya sebagai Duta Pasar Jawa Barat ingin sekali dan diberikan tugas untuk mendukung dan mendorong agar masyarakat sejahtera."

"Terkait program cegah stunting, kami melakukan langsung ke sasaran. Jadi kami datang ke beberapa titik, datang ke keluarga yang memiliki anak yang kurang dari yang diharapkan dari berat badan, dari tinggi badan, (itu) diindikasikan sebagai calon-calon mereka yang terkena stunting," tutur Atalia.

Sementara di SMAN 1 Sukaraja, Atalia memberikan motivasi kepada para siswa dan menyerukan deklarasi anti hoax. Acara Sarling #11 di sekolah tersebut ditutup dengan menyanyikan lagu 'Bendera' bersama para siswa yang terlihat bergembira dan sangat antusias itu.

"Di SMA, kami bekerja sama dengan Disdik, Diskominfo, BKKBN, termasuk didalamnya Dispusipda Jabar terkait dengan bagaimana agar mereka mau bercita-cita, dan juga bagaimana agar mereka tidak terganggu dengan hoax-hoax yang kini banyak beredar. Tadi kita ada deklarasi anti-hoax yang diikuti hampir 2.000 siswa yang hadir," ucap Atalia.

"Terkait dengan BKKBN, setiap remaja itu mereka harus menyadari terkait dengan stop narkoba, stop seks bebas, termasuk juga tidak melakukan pernikahan dini. Ini penting sekali, mereka terus diberi pemahaman-pemahaman supaya mereka mampu menjaga diri sendiri, termasuk pengenalan terkait kebencanaan."

"Karena menurut catatan, 1.200-1.500 kasus kebencanaan itu terjadi di Jawa Barat setiap tahunnya," tambah Atalia.

Selanjutnya, Atalia mengunjungi dua tempat terakhir yaitu Gerai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi dan objek wisata alam jembatan gantung Situ Gunung Suspension Bridge.

Menurut Ibu Cinta, Kabupaten Sukabumi memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Pasalnya, Kabupaten Sukabumi memiliki wilayah yang cukup luas yakni 4.162 km persegi atau sekira 11,21 persen dari luas Jawa Barat.

"Kabupaten Sukabumi ini memiliki potensi yang luar biasa. Mereka punya semuanya, kalau kita mengatakannya gurilaps (gunung, udara, rimba, laut, pantai, dan sungai)," ucap Atalia.

"Sehingga kalau kita maksimalkan, Insyaallah (Sukabumi) akan memberi dampak positif bagi masyarakat, yaitu kesejahteraan," ujar Atalia mengakhiri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Golden State Warriors Babak Belur di Kandang Lakers

Posted: 13 Nov 2019 09:44 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles- Golden State Warriors semakin terpuruk di NBA 2019-2020. Pasukan Steve Kerr babak beluar ketika dijamu Los Angeles Lakers. Mereka kalah 94-120 di Staples Center, Kamis (14/11/2019) siang WIB.

Pada laga ini, Warriors tak diperkuat Klay Thompson dan Stephen Curry. Lakers juga kehilangan dua pemain pilarnya, Anthony Davis dan Rajon Rondo.

Lakers langsung tancap gas di kuarter pertama. Dimotori LeBron James yang bermain sebagai point guard, Lakers unggul jauh 38-26 di akhir kuarter pertama.

Di kuarter dua, Warriors sedikit bisa mengimbangi Lakers. Namun mereka tetap tidak bisa mengejar dan masih tertinggal 12 poin saat jeda babak pertama.

Dominannya big man membuat Lakers makin meninggalkan Warriors. Duet JaVale McGee dan Dwight Howard sulit dibendung pemain-pemain Warriors.

Lakers masih terus memperlebar margin keunggulan di kuarter empat walau sudah menyimpan LeBron James.

 

LeBron James

LeBron James kembali jadi bintang kemenangan Lakers dengan 23 poin, 12 assists dan enam rebound. McGee menorehkan double-double dahsyat dengan 18 angka dan 17 rebound.

Sedangkan Howard menyumbang 15 poin ditambah delapan rebound. Di kubu Warriors, D'Angelo Russell finis dengan 21 angka dan delapan assists.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Siapkan 5 Strategi Dorong Industri Halal di Indonesia

Posted: 13 Nov 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia. Lima strategi telah disiapkan oleh bank sentral guna mewujudkan hal tersebut.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengungkapkan kelima jurus tersebut adalah Competitiveness (daya saing), Certification (sertifikasi), Coordination (koordinasi), Campaign (publikasi) dan Corporation (kerja sama).

"Implementasi lima jurus tersebut dapat menjadi kunci untuk menjadikan Indonesia tidak hanya sebagai pasar tetapi juga sebagai basis produksi industri halal global," kata dia dalam konferensi INHALIFE yang bertajuk "Creating Halal Champions Accessing to The Global Halal Markets : "From Potency to Reality", sebagai rangkaian kegiatan ISEF 2019, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (14/11).

Perry menjelaskan Competitiveness (daya saing) dapat dilakukan melalui pemetaan sektor-sektor potensial yang dapat dikembangkan, seperti sektor makanan dan minuman, fashion, wisata, dan ekonomi digital. Sementara itu, Certification (sertifikasi) diperlukan untuk memperluas akses pasar.

"Oleh karena itu, para pengambil kebijakan dan pelaku perlu bersama mendorong agar barang dan jasa yang dihasilkan memperoleh sertifikasi halal," ujarnya.

Kemudian Coordination (koordinasi) dan sinergi kebijakan dan program antara pemerintah, Bank Indonesia dan lembaga terkait diperlukan untuk menjadikan ekonomi syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Adapun Campaign (Promosi) diperlukan untuk memperkenalkan kepada publik bahwa gaya hidup halal bersifat universal, tidak hanya untuk muslim, namun juga untuk nonmuslim.

"Dan yang terakhir, Corporation (kerja sama) antara pemangku kepentingan industri halal nasional dan internasional adalah juga prasyarat untuk membangun dan mengembangkan industri halal global," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Indonesia Tertinggal dari Malaysia di Industri Halal Dunia

Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan Indonesia belum berperan banyak dalam industri halal. Padahal Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia Indonesia belum dapat berperan berperan banyak di bidang ekonomi dan keuangan syariah," kata dia, saat menjalani fit and proper test, di Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (1/7).

Dia mengungkapkan, di sektor keuangan, pangsa pasar industri syariah masih masih sangat rendah. "Di Bulan April 2019 hanya mencatat 5,9 persen untuk industri perbankan dan 4,2 persen untuk industri keuangan non bank dan 16 persen di pasar modal atau secara total hanya mencapai 8,7 persen dari total industri keuangan di Indonesia," ujar dia.

Sementara dalam konteks global, lanjut Destry, data yang dilaporkan dalam 'State of The Global Islamic Economic report 2018/2019' menunjukkan dalam kaitan dengan industri halal global, Indonesia berada posisi ke-10 sebagai produsen produk halal dunia.

"Jauh di bawah Malaysia di posisi yang duduk di posisi satu," kata dia

Indonesia pun cenderung dijadikan hanya sebagai pasar untuk produk halal global. Hal itu tercermin dari posisi Indonesia di peringkat kelima sebagai negara pengimpor produk halal.

"Akibatnya memberikan tekanan pada defisit transaksi berjalan," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keterlibatan Swasta di Infrastruktur, antara Mampu dan Mau

Posted: 13 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) terus mendorong pembangunan infrastruktur melalui skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Hal itu dilakukan agar tidak menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Direktur Riset Centre of Reformon Economics (Core), Piter Abdullah mengatakan, pemerintah memang tidak mungkin secara terus-menurus mengandalkan APBN untuk membiayai infrastruktur. Sehingga, perlu melibatkan pihak-pihak swasta untuk membantu pembiayaan.

"Nah fokus kita bagaimana maksimalkan peran dari swasta. Kalau ada swasta berarti ngomonggin ada dua, mau atau mampu?" kata Piter dalam diskusi di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Piter mengatakan selama ini justru banyak pihak-pihak swasta yang justru protes dikarenakan tidak dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur. Dia memandang, keterlibatan swasta hanya diberikan pada pihak-pihak terkait saja.

"Tapi masalahnya sejauh mana swasta kita mampu? Yang ada yang itu lagi, itu lagi, dan itu lagi," imbuh dia.

Di samping itu, Piter juga mengungkapkan persoalan besar yang menghambat peran swasta untuk terlibat membangun infrastruktur. Salah satunya adalah kendala pembiayaan.

"Pembangunan infrastruktur butuh biaya besar sementara persoalan utama di swasta bahkan di perekonomian tidak punya uang," pungkasnya.

Reporter : Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Proyek Konstruksi Didominasi BUMN, Pengusaha Swasta Protes

Ke depannya dapat dipastikan bahwa kemacetan tersebut akan berakhir seiring selesainya pembangunan infratruktur di kawasan Koridor Timur Jakarta.

Pelaku usaha swasta memprotes pelaksanaan proyek pembangunan yang dijalankan selama ini. Sebab, perusahaan pelat merah alias BUMN masih mendominasi.

"Ada satu masalah yang jadi fundamental di konstruksi, problemnya adalah pekerjaan konstruksi itu dikuasai BUMN, tidak dicapai pengusaha-pengusaha swasta," kata Wakil Ketua Umum V Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) La Ode Saiful Akbar, dalam diskusi, di Gedung BEI, Jakarta, Senin (4/11).

Berdasarkan peraturan, lanjut dia, BUMN memang telah diinstruksikan untuk menggarap proyek-proyek dengan nilai di atas Rp 100 miliar. Dengan demikian, swasta diharapkan bisa ambil bagian.

Sayangnya, proyek konstruksi dengan nilai di bawah Rp 100 miliar pun masih dikuasai oleh anak usaha BUMN. "Benar, realisasinya di atas Rp 100 miliar, tapi itu induk, tapi anak usaha dan cicit, itu Rp 100 miliar ke bawah, akhirnya pengusaha nasional enggak dapat apa-apa," ungkap dia.

Selain itu, proyek-proyek konstruksi yang melibatkan BUMN dengan kolaborasi swasta sebagai sub kontraktor pun menurutnya masih ada kendala. Salah satunya terkait keterlambatan pembiayaan.

"Pembayaran BUMN paling cepat 3 bulan syukur-syukur, kadang 6 bulan," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Sebut BUMN Butuh Figur Pendobrak Seperti Ahok

Posted: 13 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok disebut-sebut bakal menduduki posisi bos salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan negara memiliki 142 perusahaan sedang membutuhkan figur pendobrak seperti Ahok.

Oleh karena itu, Ahok dipandang cocok untuk memimpin perusahaan pelat merah.

"Kita harapkan ada perwakilan-perwakilan yang memang punya track record pendobrak, tidak artinya salah dan benar tapi untuk mempercepat dari pada hal-hal yang sesuai diarahkan. Yaitu satu, bagaimana menekan daripada energi. Juga bersama membuka lapangan kerja dengan cara berpartner," jelasnya.

"Ya saya rasa beliau tokoh yang konsisten, track record-nya jelas bisa terus membangun," sambung Erick.

Namun, Erick belum mau membeberkan jabatan yang akan diembankan kepada Ahok. Apakah mantan Gubernur DKI Jakarta itu bakal menduduki kursi direktur utama atau komisaris Pertamina.

"Saya enggak bisa jawab," ucap Erick Thohir.

 

Ditetapkan Awal Desember

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melempar bola saat peresmian Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Krendang kawasan Tambora, Jakarta, Rabu (3/2). RPTRA Krendang ini diharapkan menjadi taman bermain untuk semua. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Penetapan direktur utama perusahaan BUMN akan dilakukan awal Desember 2019, termasuk Pertamina. Satu nama yang disebut-sebut bakal mengisi posisi bos Pertamina adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Segera mungkin awal Desember," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Sebelumnya, Rabu 12 November 2019 pagi, Ahok mendatangi kantor Kementerian BUMN untuk bertemu Erick Thohir. Usai bertemu Erick, Ahok mengungkapkan, pertemuan selama satu setengah jam itu membicarakan soal perusahaan BUMN.

"Intinya banyak bicara soal BUMN, saya mau dilibatkan di salah satu BUMN, itu saja," ujar Ahok.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lothar Matthaus Tak Sabar Tularkan Atmosfer Bundesliga di Jakarta

Posted: 13 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Legenda timnas Jerman, Lothar Matthaus mengaku antusias menularkan atmosfer Bundesliga Jerman ke Indonesia. Matthaus mengatakan hal itu dalam rangka Bundesliga Experience yang akan berlangsung dari 14 hingga 16 November di Jakarta.

"Saya menantikan untuk membagikan pengalaman tentang sepak bola Jerman kepada para penggemar di Indonesia. Saya yakin mereka antusias," kata Matthaus di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Nama Matthaus melambung saat sukses mengantar timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 1990. Di level klub, Matthaus pernah membela klub-klub besar Eropa seperti Inter Milan dan Bayern Munchen.

Diakuinya, Bundesliga merupakan liga yang spesial. Pasalnya, di sanalah ia menimba ilmu sejak masih di akademi hingga bermain di klub papan atas di Jerman semisal Muchen dan Borussia Monchengladbach.

"Bagi saya, Bundesliga adalah liga terbaik di dunia," ujarnya.

Menurut Matthaus, Bundesliga adalah kebanggaan orang-orang Jerman. Pengoleksi 808 caps bersama timnas Jerman itu mengungkapkan, hampir setiap orang Jerman yang mengikuti dan mendukung klub-klub Bundesliga.

"Ketika saya berkunjung ke sini (Jakarta, red) dan bertemu Duta Besar Jerman, dia sangat paham seluk-beluk sepak bola Jerman," ujarnya.

Lebih Dekat dengan Fans

Lothar Matthaus hadir di Jakarta Bundesliga Experience yang akan berlangsung dari 14 hingga 16 November di Jakarta. (Liputan6.com/Luthfie Febrianto)

Sementara itu, kehadiran Matthaus menjadi salah satu usaha Bundesliga mendekatkan diri dengan fans di Indonesia. Head of Global Audiovisual Rights Bundesliga, Peter Leible menuturkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang antusias dengan sepal bola Jerman khususnya Bundesliga.

Hal itu, kata Peter bisa dilihat dari penuhnya stadion saat klub-klub Jerman berkunjung ke Tanah Air.

"Beberapa tahun lalu saya di Malang menyaksikan Hamburg bermain. Stadion penuh. Masyarakat Indonesia sungguh gila sepak bola," katanya.

Selain Hamburg, beberapa klub Jerman memang pernah mentas di Indonesia seperti Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.

Bertemu Trofi Meisterschale

Lebih lanjut para penggemar juga berkesempatan melihat langsung trofi Meisterschale yang biasa diberikan kepada tim juara Bundesliga. Beberapa gim menarik juga telah disediakan demi menyemarakan acara Bundesliga Experience akhir pekan nanti di Gelora Bung Karno, Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat, Alamnya Menakjubkan

Posted: 13 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Kamu bisa menikmati berbagai jenis wisata alam mulai dari wisata bermain air hingga wisata alam pegunungan atau dataran tinggi.

Terbukti dengan banyaknya air terjun atau curug hingga telaga, dan adanya alam pegunungan yang ditandai dengan Gunung Ciremai. Berbagai pesona alam tersebut tentunya sangat sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Kuningan.

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat menjadi salah satu alternatif terbaik liburan di Jawa Barat. Untuk kamu yang sedang penat dengan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari di kota, menikmati alam Kunginan tentunya dapat membuat kamu lebih rileks dan bahagia.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata di Kuningan Jawa Barat dari berbagai sumber, Kamis (14/11/2019).

Wisata Telaga

Situ Walukut Kuningan (Sumber: Brilio)

Telaga Nilem

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang pertama adalah Telaga Nilem. Dengan airnya yang jernih dan dingin, ditambah pemandangan yang asri dan hijau, dijamin kamu akan betah dan tidak mau pulang.

Saking jernihnya air Telaga Nilem ini, kamu bisa melihat dasar telaga yang dipenuhi bebatuan dan lumut hijau. Main air, mandi, sembari menikmati kesegaran air yang masih bersih jadi aktivitas menyenangkan di sini.

Lokasinya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan menenangkan diri.

Situ Walukut

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat memang didominasi oleh wisata telaga, salah satunya adalah situ walukut. Situ Walukut merupakan sebuah danau cantik yang menawarkan keindahan panorama alami yang sangat asri. Lokasinya berada di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan.

Pemandangan telaga dengan latar belakang perbukitan hijau menjadi daya tarik utama. Danau ini disebut-sebut tak kalah cantik dibanding Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur.

Wisata Telaga Lainnya

Waduk Darma (Sumber: Disparbud Provinsi Jawa Barat)

Waduk Darma

Kamu akan terpana oleh pemandangan salah satu tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini, yaitu Waduk Darma. Pemandangan yang sangat indah serta didukung oleh hawanya yang sejuk, cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga pada hari-hari libur atau saat-saat senggang lainnya.  

Beberapa daya tarik wisata lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke daerah ini. Di antaranya adalah atraksi seni tradisional Saptonan, lomba panahan tradisional, lomba rakit dan perahu tradisional, Goong Renteng, Gembyungan, dan Rudat.

Telaga Biru Cicerem

Yang menjadikan destinasi wisata di Kuningan ini menarik adalah keberadaan ratusan ikan dengan warna mencolok di telaga biru ini. Sesuai namanya, Telaga Biru Cicerem menyajikan telaga dengan air yang jernih kebiruan. Kamu bisa menikmati suasana sekitar yang rimbun, memberi makan ikan, hingga main air sembari snorkeling.

Wisata Curug

Curug Putri Landung, Kuningan, Jawa Barat. (Prayudi Hartono/Flickr)

Curug Landung

Masih seputar wisata air, tempat wisata di Kuningan Jawa Barat selanjutnya adalah Curug Landung. Tidak hanya bisa menikmati panorama air terjun dan alam yang asri, kamu juga bisa bermain air yang segar dan jernih

Curug ini punya air terjun yang cukup tinggi. Bermain air di sini bakal membuat penat dan stress seketika hilang. Lokasinya berada di Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Curug Payung

Selanjutnya ada panorama yang tak kalah keren, yaitu Curug Cipayung. Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, air yang jernih, dan juga duara yang sangat menyegarkan.

Berada di wilayah Gunungmanik, Ciniru, Kabupaten Kuningan, curug ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kegiatan kota. Curug Payung tidak boleh dilewatkan dari daftar destinasi liburan kamu di Kuningan.

Curug Putri

Satu lagi destinasi tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang bernuansa curug atau air terjun adalah, Curug Putri. Air terjun ini berada di lingkungan alam yang masih natural, dengan banyak tumbuhan yang rimbun menutupi aliran air dan sungai yang jernih dan menyegarkan. Bagi yang tertarik mencari tempat yang tenang dan asyik, curug ini bisa jadi pilihan.

Curug Putri merupakan sebuah air terjun yang terletak di kaki Gunung Ciremai. Air terjun ini menyuguhkan suasana yang masih asri dengan aliran air yang sangat menyegarkan. Lokasinya berada di Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Wisata Dataran Tinggi

Batu Luhur (Panji Prayitno/Liputan6.com)

Batu Luhur

Tidak hanya wisata air, tempat wisata di Kuningan juga menawarkan wisata dataran tinggi. Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Batu Luhur menjadi destinasi wisata yang tidak biasa karena keberadaan taman batu yang menjulang tinggi.

Area gunung kapur juga memberikan nuansa petualangan. Apalagi ada sejumlah wahana bermain yang menguji nyali, seperti flying fox dan jembatan dari seutas tali. Tentunya kamu juga bisa bersantai dan menikmati udara segar di Butu Luhur yang berlokasi di Padabeunghar, Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Bukit Panembongan

Berada di desa Tembong, kecamatan Garawangi, Bukit Panembongan menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang tidak boleh dilewatkan, apalagi bagi para pecinta pemandangan alam.

Bukit ini menawarkan udara segar dengan panorama alam dari ketinggian yang sangat memanjakan mata. Dari puncaknya, kamu akan mendapati sejumlah spot asyik untuk menikmati alam Kuningan dari ketinggian.

Wisata Alam Lainnya

Edelweis Gunung Ciremai (Liputan6.com / Hendri Haryadi TNGC)

Sukageuri View

Masih seputar pemandangan alam dari ketinggian, kamu bisa menikmati bentang alam yang luar biasa indah dari Kunginan di Sukageuri View. Kontur perbukitan dan hijaunya alam membuatnya indah ketika dinikmati dari ketinggian.

Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati pesona alam Kuningan yang istimewa, tapi juga mendapatkan spot asyik untuk berswafoto dengan latar belakang yang luar biasa.

Hutan Desa Setianegara

Hutan Desa Setianegara merupakan tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang tepat buat kamu yang ingin sejenak menghindar dari ramainya perkotaan. Kawasan ini punya hawa yang sejuk dan masih sangat asri. Berlokasi di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, kamu juga bisa melakukan kegiatan kemah di sini.

Gunung Ciremai

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat tentunya tidak lengkap bila belum menyebutkan Gunung Ciremai. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat dengan memilki ketinggian 3.078 mdpl dan masih aktif hingga saat ini. Gunung ini menjadi tempat pendakian favorit bagi para pecinta alam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Sambutan, Jokowi Lupa Sapa Ma'ruf Amin

Posted: 13 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada momen menarik saat acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta. Presiden Joko Widodo atau Jokowi lupa menyapa Wapres Ma'ruf Amin saat akan memberikan kata sambutan.

Mengawali sambutan, Jokowi menyapa para menteri dan pimpinan lembaga yang hadir dalam acara ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengakui bahwa dirinya lupa menyapa Ma'ruf.

"Yang saya hormati ketua dan pimpinan lembaga-lembaga negara, yang saya hormati para menko, para menteri. Saya hampir lupa. Yang saya hormati Bapak Pak Wapres RI," ucap Jokowi di Istana Negara, Kamis (14/11/2019).

Sontak, para tamu undangan yang hadir pun tertawa mendengar ucapan Jokowi. Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan dirinya lupa menyapa Ma'ruf lantaran sering bersama-sama.

"Kadang-kadang kalau sudah sampai di podium itu, karena hampir setiap hari saya dengan Beliau, malah lupa karena sering bersama-sama," jelas Jokowi.

Usai menyapa Ketum MUI itu, Jokowi melanjutkan menyapa para pimpinan pemerintah daerah yang juga hadir dalam acara itu.

"Yang saya hormati para gubernur, bupati, wali kota, seluruh pimpinan kepala lembaga yang hadir," tuturnya.

Dalam acara ini, hadir Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, hingga Menteri KLHK Siti Nurbaya.

Selain itu, hadir juga para pimpinan kepala daerah seperti Gubernur DKI Jakarya Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie.

Perintah Langsung Lelang

Pada acara ini, Jokowi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Dana Alokasi Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD) tahun 2020 kepada 12 kementerian atau lembaga dan seluruh gubernur.

"Tadi sudah diserahkan DIPA dana transfer daerah dan dana desa kepada Saudara-Saudara semua. Ada Rp 909 triliun untuk kementerian atau lembaga dan Rp 556 triliun untuk transfer daerah," kata Jokowi.

Presiden meminta setelah anggaran tersebut dibagikan, para menteri dan kepala daerah secepatnya melakukan belanja barang dan lelang proyek. Sehingga, pada Januari 2020 sudah mulai dilakukan pengerjaan infrastruktur.

"Segera setelah ini, (mulai) lelang, pelaksanaan Januari sudah dilakukan. Jangan nunggu-nunggu, udah. Ini perintah," tegas Jokowi.

Presiden menegaskan tak ingin kejadian pada tahun ini terulang kembali. Di mana, hingga di penghujung 2019 masih ada proses e-tendering di sektor konstruksi.

"Belanja secepat-cepatnya. Saya harapkan jangan sampai yang kemarin saya sampaikan, November masih ada Rp 31 triliun dalam proses e-tendering, ini konstruksi. Oleh sebab itu, mulailah sejak Januari tahun depan ini," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Motor Kustom Berebut Gelar Terbaik di Final Suryanation Motorland 2019

Posted: 13 Nov 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Suryanation Motorland 2019 akhirnya mencapai puncaknya. Bertajuk Suryanation Motorland Show Off, ajang adu ganteng motor kustom ini bakal dihelat di Ballroom, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 23-24 November 2019.

Berbeda dengan rangkaian Suryanation Motorland Battle, acara ini akan mengusung konsep pameran dengan berbagai konten yang penuh inspirasi, dan pastinya menghadirkan pemenang Best of The Best dari masing-masing region, serta berbagai motor kustom karya builder lokal maupun internasional.

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara puncak dari Suryanation Motorland 2019 akan diadakan untuk pertama kalinya di Jakarta," jelas Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee, Rabu malam (13/11/2019).

Selain lima motor kustom terbaik dari rangkaian Suryanation Motorland Battle 2019, pengunjung juga bisa melihat langsung motor-motor kustom dari builder lokal dan internasional, yang khusus didatangkan lengkap dengan kolase foto beserta dokumentasi video yang disebut The Journinspiration.

"Scene custom di Jakarta memang sudah berkembang lebih dahulu dibandingkan dengan kota-kota lainnya sehingga kami merasa kehadiran acara ini bisa memberikan sebuah inspirasi baru bagi pencinta dunia custom dan roda dua," tambah Rizky.

Pada final nanti, pihak Suryanation Motorland akan mendatangkan lima juri internasional, menemani dua juri lokal, yaitu Veroland dari Kickass Chopper dan Dodi Irhas dari Chrome Cycles yang akan memberikan penilaian secara live untuk The Greatest Bike Suryanation Motorland 2019.

PenjurianSuryanation Motorland 2019 akan dilakukan langsung di atas panggung, dan akan ada sesi tanya jawab dari juri, dengan penentuan pemenang menggunakan sistem poin dari masing-masing juri.

 

Builder Internasional

Juara Best of The Best Suryanation Motorland Battle Bali 2019 (Ray/Otosia.com)

Sementara itu, builder internasional yang bakal meramaikan acara seperti Mirko Paruginl-Gallery Motorcycles Italia, yang berhasil menjadi The Greatest Winner of Suryanation Motorland pada acara Motor Bike Expo di Italia pada awal 2019, Samuel Reali Abnormal cycles Italia, Andrea Radaelli Radikal Chopper Italia bersama dengan dua builder kenamaan Jepang, Kengo Kimura-Heiwa Motorcycle dan Hideya Togashi-Hide Motorcycle.

Builder Indonesia sendiri seperti Tommy Dwi Djatmiko Mastom Custom, Jakarta; Bimo Hendrawan Bimo Custom Bikes Jakarta; Veroland Kickass Choppers, Jakarta; Nicko Eigert Smoked Garage Indonesia, Bali; Bingky Bingky Bikerstation, Jakarta; Dodi Irhas Dodi Chrome Cycles, Jakarta; Thrive Motorcycles, Jakarta; Kedux Garage, Bali; Queen Lekha Chopper, Yogyakarta; dan Andhika Pratama Kromworks, Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Rilis MacBook Pro 16 Inci, Versi Paling Mahal Harganya Rp 80 Jutaan

Posted: 13 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple resmi merilis laptop MacBook Pro terbarunya yang berukuran 16 inci. MacBook Pro 16 inci ini hadir dengan teknologi keyboard terbaru, dukungan speaker lebih baik, dan sejumlah fitur lainnya.

Mengutip keterangan resmi di laman Apple.com, Kamis (14/11/2019), MacBook Pro 16 inci dirancang terutama untuk para pengembang, fotografer, pembuat film, ilmuwan, produser musik, dan mereka yang menggantungkan pekerjaan pada MacBook.

MacBook Pro 16 inci hadir dengan prosesor 8 inti, VRAM 8GB dan RAM hingga 64GB, kemampuan grafis generasi terbaru, dan desain termal anyar. Spesifikasi itu membuatnya menjadi MacBook Pro paling tangguh yang Apple miliki.

MacBook Pro juga hadir dengan Magic Keyboard terbaru dengan mekanisme gunting yang dirancang ulang, sehingga lebih nyaman saat mengetik.

Laptop ini juga didukung sistem suara 6 speaker, baterai berdurasi pemakaian lebih lama, Touch Bar, Touch ID, trackpad Force Touch, serta chip keamanan Apple T2.

Apple Senior Director Mac and iPad Product Marketing Tom Boger mengatakan, konsumen profesional mereka menginginkan MacBook Pro dengan layar lebih besar, performa cepat, dan baterai lebih tahan lama, serta dukungan speaker terbaik dan memori lega.

"Semuanya diramu dalam MacBook Pro 16 inci terbaru yang memiliki layar 16 inci dengan Retina display, prosesor inti, grafik generasi terbaru, Magic Keyboard, daya baterai 100Wh, hingga penyimpanan 8TB," kata Boger.

Sekadar informasi, layar MacBook Pro 16 inci ini memiliki resolusi 3.072 x 1.920 piksel dan kerapatan 226 ppi. Layar Retina 16 incinya mendukung 500 nit cahaya dan color gamut yang luas.

Magic Keyboard dan Layar Terbaik

Ilustrasi render MacBook Pro karya Martin Hajek (Sumber: Tech Insider)

MacBook Pro 16 inci ini memiliki dukungan Magic Keyboard terbaru dengan mekanisme gunting yang menghadirkan key travel 1mm, sehingga mengetik lebih nyaman dan stabil.

Magic Keyboard ini juga dilengkapi tombol fisik Escape dan pengaturan T terbalik untuk tombol panah bersama dengan Touch Bar dan Touch ID. Dengan begitu, keyboard ini memberikan pengalaman mengetik terbaik di notebook Mac.

MacBook Pro 16 inci juga didukung arsitektur termal lebih baik. Teknologi ini memungkinkan sistem berjalan pada daya lebih tinggi untuk waktu berkelanjutan.

Perangkat ini juga didukung desain kipas canggih dengan impeller dan ventilasi lebih besar, sehingga menghasilkan peningkatan aliran udara hingga 28 persen.

Pembuangan panas pun lebih besar dibanding versi sebelumnya. Dengan peningkatan kapasitas pendingin, membuat MacBook Pro 16 inci ini lebih tahan saat dipakai untuk kerja intensif.

Memori dan Harga

MacBook Pro 2016 (Sumber: The BitBag)

Laptop ini juga didukung memori internal paling besar yang pernah ada di laptop, yakni 8TB.

Dengan dukungan memori ini, pengguna profesional bisa menyimpan berbagai file proyek tanpa butuh ruang penyimpanan tambahan.

Apple membanderol perangkat ini dengan harga mulai dari USD 2.229 atau setara Rp 31,4 jutaan untuk varian memori 512GB.

Sementara varian paling mahal adalah MacBook Pro 16 inci dengan dukungan Intel Core i9, RAM 64GB, dan memori internal 8TB yang dijual USD 5.662 atau setara Rp 80 jutaan.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: