Rabu, 20 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polisi Bongkar Bisnis Prostitusi Online Dijalankan Pasutri di Gresik

Posted: 20 Nov 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi membongkar bisnis prostitusi online yang dilakukan pasangan suami istrik di Gresik, Jawa Timur. Pasangan suami istri itu berinisial BS (40) dan A (39) menawarkan pekerja seks komersial (PSK) kepada pria hidung belang lewat layanan pesan singkat.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, bisnis gelap pasutri muncikari ini diketahui sudah berjalan selama satu tahun terakhir. Kepada pelanggan, kedua muncikari itu mematok harga Rp400.000 untuk sekali kencan. Rinciannya, Rp 300.000 untuk PSK, sisanya Rp 100.000 sebagai komisi yang didapatkan muncikari.

Kedua mucikari itu mengirim gambar perempuan kepada pelanggan melalui pasan whatsapp (WA). Mereka juga menyediakan kamar yang tak lain rumah kontrakannya sendiri di Perum Menganti.

"Kasus prostitusi ini berhasil terbongkar pada 14 November lalu. Setelah ada informasi dari masyarakat," kata Kapolres Gresik Kusworo, Selasa, 19 November 2019, seperti dikutip dari Merdeka.

Alasan Pelaku

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Sementara itu, sang muncikari BS mengaku terpaksa melakukan praktik bisnis prostitusi dengan alibi terdesak kebutuhan rumah tangga. Dia tidak memiliki pekerjaan tetap. "Uang itu digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari," singkatnya.

Kusworo menyebutkan, ada tiga PSK yang jadi anak asuh mereka dan ditawarkan kepada pria hidung belang. Statusnya janda berusia antara 30 hingga 35 tahun. Para PSK itu bekerja sebagai penjaga warung di wilayah Gresik selatan.

"Pengakuan tersangka, jika diakumulasi pendapatan per bulan sekitar Rp1 juta," imbuh Alumnus Akpol 2000 itu.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka, kedua tersangka dijerat dengan pasal 296 KUHP dan 506 KUHP. Ancaman hukuman 2 tahun lebih. 

 

Reporter: Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Kader Pindah ke Partai Gelora, PKS: Silakan Saja

Posted: 20 Nov 2019 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekjen PKS Mustafa Kamal mengatakan, pihaknya menghormati para kadernya yang pindah haluan bergabung ke Partai Gelora.

"Kita menghormati tiap pilihan warga negara. Sesuai perundangan yang berlaku, dipersilakan," kata Mustafa Kamal di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

Walaupun banyak yang berpindah, PKS tetap fokus menjalankan visi, misi program. Dia pun tidak khawatir jika para kader lain akan berpaling ke partai lain.

"Kita saling menghormati antar warga negara. Untuk menjadi pelopor pembangunan di tengah masyarakat. Dalam rangka berlomba lomba untuk kebaikan bangsa negara," kata Mustafa.

Sebelumnya, Ketua DPW Partai Gelora Provinsi Jawa Barat, Haris Yuliana tidak menampik, banyak mantan kader PKS yang sudah bergabung dengan Partai Gelora. Alasan mereka bergabung karena perbedaan visi dengan partai sebelumnya.

"Mayoritas mantan PKS. Di setiap kabupaten/kota selalu ada mantan PKS. Ada konflik ideologis yang terjadi dengan PKS, yang membuat ada ketidaknyamanan dan kegelisahan dari sebagian kader," katanya.

Para mantan kader PKS ini diklaim memiliki kenyamanan dengan konsep ideologi Islam Nasionalis yang ditawarkan Partai Gelora. Konsep ini diyakini bisa menyasar banyak kalangan.

"Partai Gelora bukan untuk segmen terbatas. Kita tidak mengenal kiri, tengah, kanan. Ini satu akronim baru dalam perpolitikan," katanya.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunakan Mesin Baru, Harga Suzuki Wagon R Naik

Posted: 20 Nov 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Hadirnya peraturan baru terkait mesin yang disematkan pada mobil di India, membuat pabrikan otomotif di negara Bollywood itu mulai melakukan pembaharuan. Akan berlaku 1 April 2020 mendatang, salah satu mobil andalan Suzuki resmi mendapatkan jantung pacu terbaru.

Memiliki enam pilihan varian, Suzuki Wagon R memiliki banderol harga lebih mahal dibandingkan model sebelumnya.Menjadi perusahaan mobil terbesar di India, hampir 70 persen penjualan bulanan Suzuki sudah mendapatkan mesin BS6, seperti dilansir Motorbeam.

Khusus dapur pacu, Suzuki Wagon R disematkan mesin bensin berkapasitas 1,0 liter, 3-silinder K10B yang ditawarkan dengan opsi manual 5-speed dan AMT.

Terkait efisiensi bahan bakar, mesin terbaru yang disematkan disebut lebih boros, karena memiliki konsumsi bahan bakar 21,79 km per liter dari 22,5 km per liter.

Meski demikian, tidak ada perbedaan terkait tenaga yang dihasilkan karena masih berada di angka 68 Tk. Suzuki menargetkan penjualan mobil bermesin BS6 akan mencapai 100 persen hanya dalam 3 bulan.

 

Harga Suzuki Wagon R

Suzuki Wagon R 1.0 BS6 LXi - Rs. 4,42 Lakhs atau setara degan Rp86.7 juta

Suzuki Wagon R 1.0 BS6 LXi (O) - Rs. 4,49 Lakhs atau setara degan Rp88.1 juta

Suzuki Wagon R 1.0 BS6 VXi - Rs. 4,87 Lakhs atau setara degan Rp95.5 juta

Suzuki Wagon R 1.0 BS6 VXi (O) - Rs. 4,94 Lakhs atau setara degan Rp96.9 juta

Suzuki Wagon R 1.0 BS6 VXi AGS - Rs. 5.34 Lakhs atau setara degan Rp104.7 juta

Suzuki Wagon R 1.0 BS6 VXi (O) AGS - Rs. 5,41 Lakh atau setara degan Rp106.1 juta

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Foto Keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya Fitting Baju Pengantin

Posted: 20 Nov 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Citra Kirana dan Rezky Aditya tak henti-hentinya diselimuti kebahagiaan. Setelah resmi bertunangan Sabtu (26/10/2019), keduanya kini tampak sedang disibukkan dengan berbagai persiapan menjelang hari pernikahan.

Berbagai persiapan menuju hari bahagia mulai disiapkan. Salah satu yang mencuri perhatian publik belum lama ini adalah fitting baju pengantin Citra Kirana dan Rezky Aditya. Berdasarkan informasi yang beredar di akun fans keduanya, Ciki dan Rezky akan menggelar pesta resepsi pernikahan pada 8 Desember 2019 mendatang.

Acara special ini juga akan digelar di Grand Ballroom InterContinental Jakarta, Pondok Indah, seperti Liputan6.com kutip, Kamis (21/11/2019). Sebagai persiapan awal, fitting baju pun sudah mulai dilakukan keduanya.

Momen keseruan fitting baju pengantin ini dibagikan keduanya di channel YouTube 'Ciky Citra Rezky' pada Rabu (20/11/2019). Wanita berusia 25 tahun ini mengunggah vlog terbarunya saat menyambangi Ancha Wedding pada Rabu (20/11/2019).

Berikut 7 keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya fitting baju pengantin yang Liputan6.com rangkum dari YouTube 'Ciky Citra Rezky', Kamis (21/11/2019).

1. Saat melakukan fitting baju pengantin, Citra Kirana dan Rezky Aditya terlihat romantis dan saling melempar rayuan.

Keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya Fitting Baju Pengantin (sumber: YouTube 'Ciky Citra Rezky')

2. Begini ekspresi pria 34 tahun ini saat mencoba baju yang dikenakannya saat akad nanti.

Keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya Fitting Baju Pengantin (sumber: YouTube 'Ciky Citra Rezky')

3. Baju akad keduanya terlihat bernuansa serba putih. Proses pembuatan baju Citra dan Rezky rupanya sudah mencapai 90%.

Keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya Fitting Baju Pengantin (sumber: YouTube 'Ciky Citra Rezky')

4. Setelah Rezky Aditya, giliran Ciki yang mencoba gaun pernikahannya. Tampak gaun pernikahan wanita kelahiran Bogor itu berwarna beige.

Keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya Fitting Baju Pengantin (sumber: YouTube 'Ciky Citra Rezky')

5. Senada dengan baju Rezky, aktris cantik ini juga mencoba gaun akad berwarna putih.

Keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya Fitting Baju Pengantin (sumber: YouTube 'Ciky Citra Rezky')

6. Diketahui, akad dilakukan menggunakan adat Sunda. Sementera resepsi berkonsep internasional.

Keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya Fitting Baju Pengantin (sumber: YouTube 'Ciky Citra Rezky')

7. Semoga lancar sampai hari pernikahan ya Citra Kirana dan Rezky Aditya.

Keseruan Citra Kirana dan Rezky Aditya Fitting Baju Pengantin (sumber: YouTube 'Ciky Citra Rezky')

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPT Sebut Kemenag Akan Turunkan 260 Ribu Penceramah Tangkal Radikalisme

Posted: 20 Nov 2019 10:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius menegaskan pihaknya terus berusaha meminimalisasi radikalisme. BNPT sudah melakukan rapat koordinasi penanggulangan terorisme bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.

Suhardi menjelaskan, dalam rapat itu sudah disepakati semua pihak akan bekerja sama menanggulangi radikalisme dan terorisme. Bahkan, Menteri Agama Fachrul Razi berencana mengeluarkan 260 ribu penceramah untuk menanggulangi paham radikal.

"Pak menteri agama mengatakan pada saat bertemu wapres itu kita punya 260 ribu penceramah dan akan kita aktfikan itu," kata Suhardi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, (21/11/2019).

Dia menjelaskan, penceramah itu akan ditempatkan di titik-titik rawan paham radikal. Suhardi berharap cara ini akan berhasil mengatasi penyebaran radikalisme di Indonesia.

"Kita akan tentukan di mana saja titik-titik prioritas, mudah-mudahan ini adalah hal yang sangat baik," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengeluarkan kurikulum pendidikan yang tepat untuk mencegah radikalisme. Terutama saat perkembangan dunia semakin pesat karena internet.

"Satu bagaimana kurikulumnya, bagaimana pendidikan karakternya bisa kita bangun. Mungkin kita potret lagi bahan-bahan ajarannya dan itu akan kita komunikasikan, sehingga masyarakat betul-betul siap menghadapi dinamika perkembangan zaman tanpa harus tertutup," ucapnya.

 

Libatkan Peran RT RW

Sedangkan Kementerian Dalam Negeri, tambah Suhardi, sudah memerintahkan jajarannya hingga tingkat RT dan RW untuk melaporkan ke polisi jika menemukan tingkah laku yang tidak lazim di wilayahnya. Hal itu, sebagai salah satu program dari BNPT.

"Itu bagian daripada kita punya imunitas, mengaktifkan lagi agar program BNPT sampai ke semua, kan kita kadang terbatas," kata Suhardi.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Paket Sabu di Laci Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Benny Alamsyah

Posted: 20 Nov 2019 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Benny Alamsyah terjerat kasus narkoba. Empat paket sabu ditemukan diruang kantornya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Metro Jaya menggeledah ruangan AKBP Benny Alamsyah takala menjabat Kapolsek Kebayoran Baru. Pihaknya menyita sejumlah paket narkoba di ruang kerjanya.

"Kami melakukan inspeksi mendadak (sidak) ditemukan beberapa di kantornya," kata Gatot di Polda Metro Jaya, Kamis (21/11/2019).

Eddy menerangkan, pihaknya telah mencopot jabatannya sebagai Kapolsek. Saat ini penyidik Direktorat Polda Metro Jaya juga masih memeriksa secara intensif.

"Saya perintahkan dilakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan kemudian jabatannya dicopot. Kalau dia melewati batas tentunya kita lakukan pidana nanti," ujar dia.

 

4 Paket Sabu

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan, sebanyak empat paket sabu disita Bid Propam Polda Metro Jaya.

"Penyidik menemukan empat paket sabu di ruangan Mantan Kapolsek Kebayoran Baru inisial B," ujar dia.

Yusri mengatakan, kasus ini ditangani Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya.

"Yang bersangkutan sudah dilakukan pencopotan oleh Kapolda. Sementara, Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya sedang memproses secara pidana setelah itu akan ada kode etik sendiri," tutup dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polda Jatim Evakuasi Granat Nanas di Sungai Simokerto Surabaya

Posted: 20 Nov 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah granat yang diduga masih aktif, ditemukan warga di sungai kawasan padat penduduk di Jalan Simokerto III Surabaya. Granat nanas tersebut ditemukan oleh seorang petugas, saat bersih-bersih sungai dari sampah dan lumpur yang mengendap.

Penemuan granat nanas yang diduga aktif ini, sempat menggegerkan warga Simokerto III Surabaya. Warga yang mendengar temuan granat langsung berdatangan ke lokasi untuk melihat evakuasi granat.

Temuan granat nanas ini, berawal dari petugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Surabaya yang  membersihkan  sungai di kawasan padat penduduk Jalan Simokerto gang III, saat itu petugas membersihkan endapan lumpur dan melihat benda yang diduga granat. Temuan granat kemudian dilaporkan ke pengurus RT, yang selanjutnya diteruskan ke aparat Kepolisian.

Polisi yang datang ke lokasi temuan granat nanas ini, langsung memberi garis polisi (police line), karena khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Kapolsek Simokerto Kompol, Masdawati Saragih melaporkan temuan granat ke petugas Jihandak Gegana Polda Jatim.

Petugas Jihandak Gegana Polda Jatim mengevakuasi granat nanas yang diduga masih aktif, setelah dianggap aman, petugas  kebersihan dari Pemkot Surabaya diperbolehkan lagi membersihkan sungai. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 19 November 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kegunaan Bandar Antariksa RI Pertama di Papua

Posted: 20 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berencana membangun bandar antariksa di Biak, Papua. LAPAN targetkan bandar antariksa atau kosmodrom selesai 2024.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes: 72 Orang di Depok Terjangkit Hepatitis A

Posted: 20 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan, 72 orang terjangkit virus Hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Rinciannya, 38 laki-laki dan 34 perempuan. 

"Hasil penelusuran yang dilakukan, kasus jumlah penderitanya sebanyak 72 orang. 38 laki-laki, 34 perempuan. Ini kasus hepatitis A yang dirawat sebanyak 3 orang. Sebagian berobat jalan dan istirahat di rumah, tidak masuk sekolah," ujar Terawan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019). 

Menurut Terawan, 72 orang yang terserang virus Hepatitis A ini bukan seluruhnya siswa SMPN 20 Depok. Melainkan ada siswa dan guru dari sekolah berbeda, hanya saja sama-sama berada di Depok. 

Terawan mengaku telah memerintahkan tim untuk melakukan pendataan terhadap siswa dan guru yang terindikasi terjangkit virus Hepatitis A. Dia juga memastikan telah menurunkan tim medis untuk menangani langsung kasus tersebut. 

"Jadi ada dua hal yang kami lakukan, satu mencegah penyebaran semakin meluas, kedua kami melakukan tindakan medis untuk penyakitnya," ucap Terawan.

 

Belum Tetapkan Kejadian Luar Biasa

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini mengatakan, meski banyak siswa dan guru yang terjangkit virus Hepatitis A, pemerintah belum bisa menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB). Sebab, kasus ini masih bisa ditangani dengan baik.

"Kan jumlah tidak mempengaruhi itu. Kalau masih terlokalisir kan masih bisa kita tangani," ujar dia

"Doakanlah mudah-mudahan, doakan moga-moga di lingkungan Depok saja," kata Terawan.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Annisa Pohan Kenang Ani Yudhoyono di Momen Ultah ke-38

Posted: 20 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Momen kebahagiaan tengah menyelimuti istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan. Pasalnya, pada 20 November 2019, ibu satu anak ini genap berusia 38 tahun.

Bertepatan dengan hari jadi, Annisa Pohan terlihat mengunggah sebuah video singkat melalui akun Instagram pribadi. Potret depan video mengabadikan pipinya tengah dicium oleh Ani Yudhoyono.

Ibunda Almira Tunggadewi Yudhoyono ini sekaligus mengenang kebersamaannya dengan sang ibu mertua. "hari ini...setahun yang lalu...Memo menciumku dengan sayang di hari lahirku," tulis Annisa dalam kolom keterangan.

Video menampilkan kue ulang tahun yang bertuliskan "Happy Birthday Annisa Yudhoyono" dan nasi tumpeng. Terlihat pula potret senyum semringah Annisa ketika memegang buket bunga yang cantik.

Berlanjut momen Annisa Pohan diapit oleh sang suami dan Ani Yudhoyono yang kompak mencium pipi Annisa. Kemudian dilanjutkan dengan keluarga besar berkumpul dan bertepuk tangan.

Putri Aulia Pohan ini lantas meniup lilin yang menyala bersama suaminya AHY dan buah hati, Almira. Keakraban Annisa dan keluarga juga terekam jelas sembari menikmati hidangan yang telah tersedia.

Kerinduan Annisa Pohan pada Ani Yudhoyono

Annisa Pohan mengenang Ani Yudhoyono di momen ulang tahunnya yang ke-38. (dok. Instagram @annisayudhoyono/https://www.instagram.com/p/B5F80Uzjmdd/?hl=en/Putu Elmira)

Annisa Pohan tidak dapat menutupi kerinduannya pada sosok Ani Yudhoyono. Video singkat yang mengabadikan hangatnya kebersamaan menyimpan memori manis setahun lalu.

Rasa rindu pun disampaikan Annisa melaluui kolom keterangan potret. Ada harapan lain yang ia sampaikan terkait mendiang mertuanya yang telah wafat pada 1 Juni 2019 lalu.

"Ya Allah aku kangen beliau...izinkan Memo hadir di mimpi Annisa ya Rabb...ya Rahman...ya Rahim.." lanjutnya di dalam caption video.

Sebelumnya, Annisa juga sempat mengunggah potret bersama SBY, Ani Yudhoyono, AHY, dan sang putri Almira. Potret tersebut diambil beberapa tahun lalu.

"Throwback to my early 30s," tulis Annisa singkat yang disertai dengan tagar IstanaCipanas, tagar MengenangIstana, serta tagar. ThrowBackBirthMonth

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Serangan Jantung

Posted: 20 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Serangan jantung merupakan kondisi jantung kehilangan oksigen karena adanya sumbatan mendadak pada arteri yang memberikan suplai darah untuk jantung. Ada beragam jenis pembuluh darah pada manusia dan salah satunya arteri.

Fungsi utama arteri untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh. Arteri berperan sangat penting untuk saluran darah, sehingga mengharuskan kondisinya dalam keadaan terbuka.

Namun, ada beberapa kondisi yang membuat arteri menjadi tersumbat dan membuat darah tidak dapat mengalir, termasuk ke jantung. Kondisi inilah yang membuat jantung berhenti seketika.

Salah satu penyebab arteri tersumbat adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehingga membuatnya muncul plak. Pada keadaan plak tidak stabil, membuat permukaan plak dapat robek sehingga tubuh berusaha menutupnya dengan membuat gumpalan darah.

Gumpalan darah inilah yang menimbulkan sumbatan total atau sebagian pada arteri koroner. Akibatnya, arteri koroner tidak dapat mengalirkan darah kaya oksigen ke jantung sehingga dinamakan serangan jantung.

Berikut ada tujuh kebiasaan buruk penyebab serangan jantung yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019).

Kebiasaan Merokok

Merokok (Foto: iStockphoto)

Tembakau pada rokok dapat merusak jantung dan pembuluh darah, yang meningkatkan risiko penyakit jantung seperti aterosklerosis dan serangan jantung. Nikotin pada rokok juga meningkatkan tekanan darah dan karbon monoksida yang mengurangi jumlah oksigen ke dalam darah. Selain perokok aktif, perokok pasif juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kebiasaan Minum Alkohol

Minum alkohol

Minum alkohol terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Kandungan pada alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida, yang merupakan bentuk kolesterol yang dapat mengeraskan arteri.

Seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi tidak lebih 1 gelas per hari untuk wanita dan tidak lebih dari 2 gelas per hari untuk pria.

Makan Berlebihan

Makan Banyak (sumber: iStockphoto)

Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Cobalah untuk makan lebih sedikit, menghindari porsi makan terlalu besar, dan mengganti minuman manis dengan air mineral.

Reynolds selaku Associate Director dari Cardiovascular Clinical Research Center di NYU menyarankan untuk mengurangi ukuran porsi untuk konsumsi karbohidrat berkalori tinggi.

Makan Daging Merah

Konsumsi Daging Merah

Mengonsumsi daging merah terlalu sering sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan daging merah mengandung banyak lemak jenuh.

Selain itu, daging olahan seperti bacon dan hot dog terbukti meningkatkan risiko penyakit kanker kardiovaskular dan kanker kolorektal.

Duduk Terlalu Lama

ilustrasi duduk terlalu lama/Photo by Thought Catalog on Unsplash

Duduk berlama-lama atau berjam-jam dapat meningkatkan risiko jantung dan stroke. Kondisi ini juga dapat terjadi pada mereka yang berolahraga secara teratur sekalipun, khusus mereka yang olahraganya terputus-putus.

Hal ini dikarenakan kurangnya gerakan dapat memengaruhi kadar lemak dan gula dalam darah. Reynolds menyarankan untuk berjalan-jalan secara berkala dan menyempatkan berdiri saat terlalu lama duduk.

Depresi

Ilustrasi depresi (iStockphoto/AntonioGuillem)

Apabila kamu terbiasa depresi atau stres, kamu perlu menghindari kebiasan buruk itu sedini mungkin. Kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan jantung kamu.

Kata Reynolds, orang yang cenderung mudah stres berada dalam kondisi bahaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa perlu tertawa dan mendapat dukungan sosial untuk mencegah serangan jantung.

Mendengkur

Ilustrasi mendengkur atau ngorok (iStockphoto)

Mendengkur dapat menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius, yang disebut Obstructive Sleep Apnea Syndrome. Gangguan ini ditandai dengan napas yang terganggu selama tidur dan menyebabkan tekanan darah meroket tinggi.

Di Amerika, lebih dari 18 juta orang dewasa yang mengalami gangguan ini mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Begitu pun kelebihan berat badan dan obesitas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konflik Lahan di Flores Timur, Polisi Tahan 7 Perusuh dan Penyandera Polisi

Posted: 20 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Flores Timur - Aparat Sat Reskrim, Intelkam, dan Sabhara Polres Flores Timur serta Brimob Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) mengamankan 7 orang pelaku perusakan dan pembakaran rumah diosis Hokeng di Kabupaten Flores Timur, NTT. Semua pelaku diamankan pada Rabu sore (20/11/2019) sekitar pukul 17.00 Wita.

Kabid Humas Polda NTT, AKBP Johanes Bangun mengatakan, pelaku antara lain PPK (19), HL (20), LST (19), ABT (18), YDST (25), SN (34) dan HHS (21). Para pelaku merupakan warga Desa Pululera Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur.

"PPT adalah mahasiswa, ABT masih berstatus pelajar dan lima orang lainnya adalah petani dan tidak memiliki pekerjaan," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (20/11/2019).

Perusakan dan pembakaran rumah itu merupakan buntuk dari konflik lahan di Desa Pululera Kecamatan Wulanggitang. Masyarakat tidak puas dengan pematokan pilar lokasi tanah HGU PT Rerolara Hokeng di kawasan tersebut. Massa yang marah melakukan aksi pembakaran dan pengadangan pada Selasa pagi (19/11/2019) sekitar pukul 07.00 Wita.

Kanit Intelkam Polsek Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Bripka Damianus Hera yang hendak mengantar istri nya mengajar di Sekolah SDI Wolorona Kabupaten Flores Timur bahkan sempat disandera oleh sekelompok masyarakat Suku Tukang di Desa Pululera.

Penyanderaan selama beberapa jam ini dilakukan sebagai jaminan pembebasan salah satu warga yang ditahan polisi.

Masyarakat suku Tukang menghendaki agar pematokan dan segala aktivitas di tanah HGU PT Rerolara Hokeng dihentikan. Warga juga mendesak agar Romo Nikolaus Lawe Saban, selaku direktur PT HGU Rerolara Hokeng keluar dari rumah diosis dan meninggalkan PT Rerolara Hokeng. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Remaja Mencuri di Minimarket Terekam CCTV

Posted: 20 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pencurian di minimarket kawasan Tambora Jakarta Barat terekam CCTV. Aksi kriminal remaja itu diduga sudah dilakukan berulang kali di tempat yang sama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sang Prawira Rilis 28 November 2019, Trailer-nya Ramai Dibahas Warganet

Posted: 20 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan film Indonesia memungkinkan para kreatornya membuat karya dengan tema beragam. Salah satunya, film Sang Prawira yang akan tayang di jaringan bioskop mulai Kamis, 28 November 2019.

Sang Prawira diproduksi MRG Film bekerja sama dengan Mabes Polri. Film karya Ponti Gea ini diperkuat Anggika Bolsterli, Adityo ACP, hingga tokoh publik Ganjar Pranowo.

Sang Prawira mengusung tema unik tentang Horas (Adityo ACP), yang lahir di sebuah kampung di tepi Danau Toba. Ia bercita-cita menjadi seorang polisi.

 

Jalan Berliku

Trailer Sang Prawira memperlihatkan cita-cita Horas untuk menjadi abdi negara melewati jalan berliku. Horas ditentang ayahnya yang ingin putranya menjadi pengusaha sukes. Sang ayah ingin mengubah status sosial keluarga.

"Siapa yang mau jadi polisi? Enggak ada yang mau jadi polisi! Ingin jadi orang kaya, jadi pengusaha," demikian dialog yang muncul di trailer resmi Sang Prawira.

Konflik makin tajam berkat sisipan kisah cinta Horas dan Nauli (Anggika Bolsterli) yang romantis sekaligus rumit. Trailer Sang Prawira direspons positif warganet.

Komentar Positif Warganet

"Satu lagi film hasil karya anak bangsa yang musti di tonton, ajib!" tulis seorang warganet di akun Twitter menyertai cuplikan film Sang Prawira.

Yang lain menambahkan, "Kembali film karya anak bangsa patut di nonton gess. #sangprawira."

Sementara warganet lain mengomentari, "Semasih kalian diberi kesempatan oleh Yang Maha Kuasa teruslah berkarya lakukan yang terbaik. #SangPrawira."

Respons positif ini mencerminkan sambutan publik terhadap tema yang diangkat film Sang Prawira.

Teringat Perwira dan Ksatria

Membahas trailer film Sang Prawira, para pencinta film Nasional lantas teringat film Perwira dan Ksatria karya sineas Norman Benny.

Film yang dirilis pada 1990 ini dibintangi Dede Yusuf, Dian Nitami, dan Donny Damara. Meraih 4 nominasi di Festival Film Indonesia 1991, Perwira Dan Ksatria panen pujian.

Mencetak Sejarah

Perwira dan Ksatria kala itu mencetak sejarah sebagai film Indonesia pertama yang mengaplikasikan tata suara Dolby Stereo.

Sang Prawira diharapkan mampu melampaui kualitas pendahulunya. Wah, jadi tak sabar ingin segera menonton Sang Prawira, nih!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tetapkan Spesifikasi Penerapan B30

Posted: 20 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian ESDM telah menetapkan ‎standar campuran 30 persen bahan bakar nabati (BBN) atau Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dengan solar (B30).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan‎, standar B30 ditetapkan dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 227 K/10/MEM/2019 tentang Pelaksanan Uji Coba Pencampuran Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel 30 persen (B30) ke Dalam Bahan Bakar Minyak Jenis Solar Periode 2019.

Keputusan ini ditandatangani Menteri ESDM Arifin Tasrif pada15 November 2019.

"Trial implementasi B30 di tahun 2019, ada di Kepmen," kata Agung di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Uji coba penyaluran B30 pun telah dilakukan, untuk mematangkan rencana penerapan B30 mulai Januari 2019. Adapun standar dan mutu (spesifikasi) dalam pelaksanaan uji coba B30 berdasar SNI 7182:2015.

 

Sesuai SNI

Kendaraan Uji Coba B30 (dok: Pebrianto Eko WIcaksono)

Isi dalam SNI ini antara lain, massa jenis pada 40 derajat celcius harus memiliki 850 - 890 Kg/m3. Viskositas kinematik pada 40 derajat celcius harus memiliki 2,3 - 6,0 mm2/s (cSt), Angka Setana menimal 51.

Titik nyala (mangkok tertutup) memiliki minimal 130 derajat celcius. Korosi lempeng tembaga (3 jam pada 50 derajat celcius) harus nomor satu. Residu Karbon dalam percontoh asli memiliki maksimal 0,05 persen- massa; atau dalam 10 persen ampas ditilasi 0,3 persen- massa.

Termperatur distilasi 90 persen maksimal 360 derajat celcius. Abu tersulfatkan maksimal 0,02 persen-massa. Belerang maksimal 10 mg/kg. Fosfor maksimal 4 mg/kg. Angka asam maksimal 0,4 mg-KOH/g. Gliserol bebas maksimal 0,02 persen-massa

Gliserol total maksimal 0,24 persen-massa. Kadar ester metil minimal 96,5 persen-massa. Angka ioudium maksimal 115 persen-massa (g-12/100 g). Kestabilan oksidasi periode induksi metode rancimat 600 menit; atau periode induksi metode petro oksi 45 menit.

Monogliserida maksimal 0,55 persen-massa. Warna maksimal 3 dengan metode uji ASTM D-1500. Kadar air maksimal 350 ppm dengan metode uji D-6304. CFPP (Cold FIlter Plugging Point) maksimal 15 derajat celcius dengan metode uji D-6371

Logam I maksimal 5 mg/kg dengan metode uji EN 14108/14109, EN 14538. Logam II maksimal 5 mg/kg dengan metode uji EN 14538. Total Kontaminan maksimal 20 mg/liter dengan metode uji ASTM D 2276, ASTM D 5452, ASTM D 6217.

Uji Coba B30 Bakal Dilakukan di 8 Titik

Kementerian ESDM meluncurkan uji coba penggunaan campuran biodiesel 30 persen pada bahan bakar solar (B30) untuk kendaraan bermesin diesel.

Pemerintah akan melakukan uji coba B30 di delapan titik serah. Uji coba ini perlu dilakukan sebelum program B30 diterapkan pada 2020.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, sebelum uji coba penyaluran B30 pihaknya telah menetapkan alokasi Fatty Acid Methyl (FAME) untuk dicampuran B30 ini.

"Ini kami mau mulai [trial B30]," kata Arifin, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Uji coba distribusi akan dilakukan di delapan titik serah yaitu Terminal BBM Rewulu, Medan, Balikpapan, Plumpang, Kasim, Plaju, Panjang, dan Boyolali, dengan mekanisme penyaluran menggunakan truk, pipa, dan kapal.

Untuk mendukung pelaksanaan uji coba penyaluran B30, Kementerian ESDM pun telah menerbitkan payung hukum berupa Keputusan Menteri ESDM No 227 K/10/MEM/2019 tentang pelaksanaan uji coba pencampuran bahan bakar nabati (BBN) jenis biodiesel 30 persen (B30) ke dalam bahan bakar minyak (BBM) jenis solar periode 2019.

‎Dalam Kepmen tersebut juga menetapkan badan usaha Bahan Bakar Nabati (BBN) yang memasok untuk B30.

Rincinya, PT cemerlang Energi Perkasa sebanyak 16.511 KL, PT Wilmar Bioenergi Indonesia 62 ribu KL, PT Wilmar Nabati Indonesia 14.450 KL, PT SMART Tbk 20.140 KL, PT Tunas Baru Lampung 27.838 KL, PT Multi Nabati Sulawesi 6.600 KL, PT Permata Hijau Palm Oleo 29.991 KL, PT Batara Elok Semesta Terpadu 7.225 KL, PT Sinarmas Bio Energy 16.152 KL, dan PT Kutai Refinery Nusantara 8.331 KL.

Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Andriah Feby Misnah mengungkapkan, uji coba distribusi dilakukan untuk memastikan kualitas B30 tidak berubah begitu sampai di masyarakat. Salah satu yang menjadi perhatian dalam uji coba tersebut adalah kadar air di biodiesel ketika proses penanganan dan logistik.

"Water content sangat rentan naik karena sistem handling dan logistik yang tidak sesuai," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Twitter dan Facebook, Google Juga Akan Larang Iklan Politik

Posted: 20 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Google tidak akan lagi mengizinkan kampanye politik untuk meletakkan iklan pada orang-orang berdasarkan kecenderungan politik mereka.

Kampanye politik juga tidak akan dapat mencocokkan basis data calon pemilih mereka dengan basis pengguna Google, untuk menargetkan individu di seluruh platform seperti pencarian YouTube dan Google.

Kebijakan akan dimulai di Inggris "dalam waktu seminggu", dengan daerah lainnya akan menyusul di kemudian hari. Demikian dikutip dari BBC, Kamis (21/11/2019).

Kampanye politik masih dapat menargetkan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan lokasi.

Google menambahkan bahwa pihaknya juga akan mengambil tindakan terhadap pernyataan menyesatkan yang terkandung dalam iklan, membuatnya bertentangan dengan Facebook.

Mark Zuckerberg mengatakan jejaring sosialnya tidak akan mengecek iklan dari kandidat atau kampanye politik.

Twitter, sementara itu, mengatakan akan melarang iklan politik sepenuhnya. 

Kebijakan baru Google menempatkannya di suatu tempat di tengah, menyarankan pendekatan lepas tangan, dengan hanya informasi keliru yang paling nyata segera ditindaklanjuti.

"Kami menyadari bahwa dialog politik yang kuat adalah bagian penting dari demokrasi, dan tidak ada yang dapat menilai secara adil setiap klaim politik, balasan, dan sindiran," kata Scott Spencer, kepala manajemen produk Google untuk Iklan Google, dalam postingan blog yang diterbitkan pada hari Rabu (20/11).

"Maka dari itu kami memperkirakan bahwa jumlah iklan politik yang kami tindak lanjuti akan sangat terbatas, tetapi kami akan tetap melanjutkan hal tersebut supaya semuanya jelas," tambah Spencer. 

 

Berdasarkan Database

Seorang teknisi melewati logo mesin pencari internet, Google, pada hari pembukaan kantor baru di Berlin, Selasa (22/1). Google kembali membuka kantor cabang yang baru di ibu kota Jerman tersebut. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)

Berdasarkan kebiasaan para pengguna dalam melakukan pencarian di internet, termasuk website berita apa yang sering mereka kunjungi, pihak Google dapat membuat asumsi tentang keberpihakan politik mereka.

Apa yang terjadi di AS dan Inggris, kampanye politik memiliki pilihan untuk menargetkan orang berdasarkan keberpihakan mereka.

Hal itu juga memungkinkan kampanye politik di negara lain untuk mengunggah daftar kontak pribadi mereka seperti, database anggota partai ke Google. Setelah itu, mereka akan mungkin memiliki kecocokan dengan pengguna sehingga iklan yang dipublikasikan bisa langsung menjangkau target. Namun, hal tersebut tak lagi diizinkan.

"Akan membutuhkan waktu yang cukup untuk menerapkan perubahan ini," jelas Spencer.

"Kami akan mulai menerapkan perubahan ini di Inggris dalam seminggu (menuju pemilu) dan di Eropa pada akhir tahun, sedangkan negara lain di dunia mulai pada 6 Januari 2020," kata Spencer menambahkan.

Kampanye, seperti pengiklan lainnya, masih dapat menempatkan iklan terhadap jenis konten tertentu, seperti video tentang sepak bola atau artikel tentang ekonomi, kata Google.

Setiap tindakan yang diambil terhadap iklan yang dianggap melanggar kebijakannya, akan dicatat di bagian Laporan Transparansi Google.

Detail tentang iklan yang dihapus akan muncul di halaman, tetapi bukan iklan itu sendiri. Google mengatakan data ini akan tetap dapat diunduh sehingga dapat dianalisis secara independen.

Iklan politik sebenarnya memiliki jumlah yang relatif kecil dari total pendapatan iklan Google, yang berjumlah $116 miliar pada tahun 2018.

Sejak Maret 2019, misalnya, angka-angka Google menunjukkan hanya £ 171.250 telah dihabiskan untuk iklan-iklan politik di Inggris.

Di AS, kampanye telah menghabiskan $ 128 juta untuk iklan Google sejak perusahaan mulai menerbitkan data di wilayah tersebut pada Mei 2018.

Pengeluaran terbesar, "Trump Make America Great Again Committee", telah menghabiskan $ 8,5 juta untuk Google sejak tanggal tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Bursa Caketum PPP, Arsul Sani: Tunggu Tanggal Mainnya

Posted: 20 Nov 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani disebut sebagai salah satu bursa calon ketua umum. Menanggapi hal tersebut, Arsul belum menyatakan akan bersedia atau tidak.

"Bahwa ada yang menyebut saya sebagai caketum PPP ya saya berterima kasih, tapi apakah saya bersedia dan siap jadi ketua umum nanti tunggu tanggal mainnya saya akan ngomong soal itu," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019). 

Arsul mengaku tidak tahu apakah ada dukungan resmi sebagai calon ketua umum atau hanya datang dari mulut Wasekjen Achmad Baidowi.

"Saya tidak tahu apakah cuma dari Pak Ahmad Baidowi saja atau yang lain nanti kita lihat," ujarnya.

Namun, dia menegaskan yang penting dalam Muktamar PPP tahun depan adalah mensolidkan partai.

"Yang penting bagi saya Muktamar PPP makin mensolidkan partai, siapapun yang jadi terpilih ketum harus kita hormati," kata Arsul Sani

 

Mukernas PPP

Sebelumnya, PPP segera menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) pada 14-16 Desember 2019 mendatang. Dalam. Mukernas itu PPP akan memilih ketua umum.

Sudah ada beberapa nama yang disiapkan untuk maju dalam pemilihan ketua umum. Mulai dari Suharso Monoarfa, Arsul Sani, Akhmad Muqowam, Amir Uskara dan Margiono.

"Kalau pun yang ada saat ini kan ada beberapa yang disebut. Di antaranya pelaksana tugas (Plt) ketum, Mardiono, Arsul Sani, Muqowam, ada juga ketua fraksi PPP Amir Uskara waketum itu yang disebut punya peluang maju sebagai ketum PPP," kata Wakil Sekjen PPP Achmad Baidowi di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa, 19 November 2019. 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Tak Diekspos, Ini 6 Potret Gemas Anak Kedua Faby Marcelia

Posted: 20 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta sinetron Dunia Terbalik sejak awal pasti akan sangat mengenal karakter Cucu yang diperankan oleh Faby Marcelia. Wanita kelahiran Bandung, 7 Maret 1995 ini juga dikenal sebagai penyanyi dan sempat menjadi finalis Mamamia Show pada 2008 silam.

Wanita yang sempat berperan menjadi Candy di sinetron Cinta Cenat Cenut 2 pada 2011 lalu ini telah menikah di usia muda. Faby Marcelia menikah dengan aktor tampan, Revand Narya pada 2013.

Pada 31 Oktober 2019, Faby melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin perempuan. Sebelumnya, ia dan Revand telah dikaruniai anak pertama berjenis kelamin laki-laki pada 2013 dan diberi nama Gallardo Igneel Magnelo Narya.

Kehadiran anak keduanya yang diberi nama Grandine Benedita Fiorano Narya ini wajahnya sempat tak diekspos oleh Faby maupun Revand. Namun beberapa waktu lalu, pasangan ini melakukan pemotretan untuk putri cantiknya. Wajahnya pun terlihat jelas dengan pose menggemaskan.

Berikut ini 6 potret anak kedua Faby Marcelia dan Revand Narya yang akhirnya terekspos, dirangkum oleh Liputan6.com dari bebagai sumber, Kamis (21/11/2019). 

1. Faby Marcelia melahirkan putri cantiknya pada 31 Oktober 2019 lalu.

Faby Marcelia melahirkan anak kedua, wajah putri cantiknya akhirnya terekspos. (Sumber: Instagram/@fabymarcelia)

2. Anak keduanya diberi nama Grandine Benedita Fiorano Narya.

Faby Marcelia melahirkan anak kedua, wajah putri cantiknya akhirnya terekspos. (Sumber: Instagram/@fabymarcelia)

3. Kelahiran Grandine Benedita ternyata bertepatan dengan ulang tahun kakaknya, Gallardo Igneel Magnelo Narya.

Faby Marcelia melahirkan anak kedua, wajah putri cantiknya akhirnya terekspos. (Sumber: Instagram/@musebaby_official)

4. Sempat buat penasaran publik, Faby akhirnya mengunggah foto wajah anak keduanya dengan jelas.

Faby Marcelia melahirkan anak kedua, wajah putri cantiknya akhirnya terekspos. (Sumber: Instagram/@musebaby_official)

5. Grandine Benedita punya wajah yang cantik dan memiliki mata yang indah.

Faby Marcelia melahirkan anak kedua, wajah putri cantiknya akhirnya terekspos. (Sumber: Instagram/@musebaby_official)

6. Kelahiran anak kedua Faby Marcelia dan Revand ini banjir doa dan juga ucapan selamat dari para netizen.

Faby Marcelia melahirkan anak kedua, wajah putri cantiknya akhirnya terekspos. (Sumber: Instagram/@musebaby_official)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR: Pembahasan RUU PDP dan KKS Bakal Berjalan Beriringan

Posted: 20 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyebutkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) dan RUU Keamanan dan Ketahanan Siber (RUU KKS) akan berjalan beriringan.

Pasalnya, kedua aturan tersebut dianggap urgen dan harus segera dimiliki Indonesia.

"Keduanya RUU PDP dan RUU KKS akan jalan bersamaan. Kalau KKS kan inisiatifnya dari DPR, mungkin sekarang sedang penunjukan tim badan pengkajian dan lain-lain. Mungkin di Februari sudah bisa dibahas," kata Meutya Hafid di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Sementara, RUU PDP saat ini masih dalam tahap harmonisasi antarkementerian dan ditargetkan masuk ke DPR pada akhir 2019 atau awal 2020.

Meutya mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan kapan RUU PDP bakal diserahkan ke DPR untuk pembahasan. Namun, ia berharap, RUU PDP bisa segera masuk saat komisi I membahas RUU KKS.

"Kami harapkan (RUU PDP) masuk juga ketika kami membahas RUU KKS, karena ini memiliki kaitan yang erat dan poin-poinnya agar berhubungan, kami bisa membahasnya secara bersamaan," kata politisi dari Partai Golkar ini.

Pesan Untuk Menkominfo

Menkominfo Johnny G. Plate memberikan sambutan saat penandatangan kerja sama pembuatan portal aduan untuk aparatur sipil negara (ASN) di Jakarta, Selasa (12/11/2019). Portal beralamat aduanasn.id. ini untuk melaporkan ASN terkait dengan penanganan radikalisme(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meutya juga berpesan kepada Menkominfo Johnny G. Plate untuk menyegerakan proses harmonisasi, dengan begitu RUU PDP bisa langsung diberikan ke parlemen.

"Setelah masuk ke DPR, sudah harus satu suara berbagai Kementerian, jadi kami tidak ingin mencampuri perbedaan pandangan dari pemerintah karena ini usulan dari pemerintah. Maka, saat masuk ke DPR harus sudah satu suara," ujar Meutya.

Lantas, setelah masuk ke DPR, kira-kira berapa lama pembahasan hingga UU PDP diterbitkan?

"Saya rasa, sulit untuk menargetkan (akan selesai Juli 2020), karena kami harus mendengarkan masukan dari semua dulu. Belum kelihatan petanya, kalau sudah tahu petanya mungkin kami bisa menargetkan. Kalau sekarang belum bisa menargetkan," katanya.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reuni 212, Mahud Md Sebut Tak Perlu Ada Pengamanan Khusus

Posted: 20 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GPNF) Ulama berencana menggelar Reuni 212 di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, pada 2 Desember 2019. 

Terkait hal ini, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, tidak perlu ada pengamanan khusus untuk mengawalnya.

"Enggak perlu (ada pengamanan khusus)," ucap Mahfud di kantornya, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Dia menuturkan, sudah ada SOP untuk pengamanannya. Apalagi aparat sudah mempunyai langkah-langkah yang bagus.

"Artinya sudah ada SOP-nya. Kan aparat kita sudah bagus kok," pungkasnya.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pihaknya telah mendengar adanya rencana reuni Akbar 212.

"Adanya rencana reuni Akbar 212, memang untuk kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan masa itu adalah hak," tutur Argo di Bareskrim Polri. 

 

Ada Aturan yang Harus Dipatuhi

Meski unjuk rasa demonstrasi menjadi hak warga negara, lanjut Argo, tetap ada aturan yang harus dipatuhi.

"Nanti kalau misalnya ada surat pemberitahuan ke kepolisian, nanti akan kita analisa. Kita juga memerlukan dari kirka intelijen karena seperti apa," jelas dia.

Perkiraan Keadaan (kirka) intelijen dimaksudkan untuk menghitung seberapa banyak personel yang diturunkan, juga berbagi peta titik pengamanan.

"Tentunya nanti kita akan kerjasama dengan TNI untuk pengamanan seandainya nanti surat pemberitahuan sudah masuk ke kepolisian," Argo menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reuni 212, Akankah Polri Izinkan?

Posted: 20 Nov 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengaku telah mendengar rencana reuni 212 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Dia menilai, rencana itu adalah hak setiap warga negara.

"Adanya rencana reuni akbar 212, memang untuk kegiatan kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan masa itu adalah hak," tutur Argo di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).

Namun, lanjut dia, demonstrasi hendaknya tetap mematuhi aturan yang berlaku. Salah satunya menyerahkan surat pemberitahuan ke polisi.

"Nanti kalau misalnya ada surat pemberitahuan ke kepolisian, nanti akan kita analisa. Kita juga memerlukan dari kirka intelijen karena seperti apa," ujar Argo soal reuni 212.

 

Kerja Sama dengan TNI

Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di Lapangan Monas, Jakarta, Minggu (2/12). Penyelenggaraan reuni ini merupakan kali kedua setelah juga dilakukan pada 2017. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Perkiraan Keadaan (kirka) intelijen, dimaksudkan untuk menghitung seberapa banyak personel yang diturunkan, juga berbagi peta titik pengamanan.

"Tentunya nanti kita akan kerja sama dengan TNI untuk pengamanan seandainya nanti surat pemberitahuan sudah masuk ke kepolisian," Argo menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 70 Titik Sumur Resapan Dibangun di Kawasan Monas

Posted: 20 Nov 2019 09:48 PM PST

Pengunjung melintasi galian sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat musim hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengunjung melintasi galian sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat musim hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Salah satu sumur resapan yang dibuat di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Salah satu sumur resapan yang dibuat di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Salah satu sumur resapan yang dibuat di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Salah satu sumur resapan yang dibuat di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan di kawasan Monas, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Salah satu sumur resapan yang dibuat di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Salah satu sumur resapan yang dibuat di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakpus membuat sekitar 70 titik sumur resapan di taman kawasan Monas guna meminimalisir genangan sekaligus menampung air saat hujan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Pamer Hidup Mewah, Sosiolog: Jangan Sampai Ada Kecemburuan Sosial

Posted: 20 Nov 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan gebrakan di awal-awal masa baktinya sebagai petinggi korps Bhayangkara itu. Melalui surat telegram (TR) bernomor ST/30/XI/Hum.3.4/2019/Divpropam pada 15 November 2019, Idham menginginkan para anggotanya hidup secara sederhana atau menjauhi kemewahan.

Tidak tanggung-tanggung, bagi anggota Polri yang diketahui menampilkan kehidupan serba mewah, maka ada ada sanksi yang siap menanti mereka.

Guru Besar Sosiologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Muzakki melihat hal itu sebagai bentuk Polri untuk meredam kecemburuan sosial di masyarakat.

Menurutnya di tengah situasi ekonomi yang stagnan, kalau tak mau disebut lesu, Indonesia masih terus mengalami kesenjangan ekonomi yang tinggi.

"Kesenjangan ekonomi yang tinggi menimbulkan resistensi menjadi kecemburuan sosial," kata Muzakki saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (21/11/2019).

Polisi sebagai aparat yang kerap bersentuhan langsung dengan masyarakat, kata Muzakki sudah tepat untuk diminta berhidup sederhana. Karena mereka secara langsung dilihat oleh publik. Baik itu gerak-geriknya maupun gaya hidup mereka.

"Kalau tingkat intensitas interaksinya tinggi antara masyarakat dan Polri lalu ada kecemburuan karena social inequality-nya kuat, nah itu jadi awal dari tidak harmonisnya hubungan polri dengan masyarakat," jelas dia.

 

Redam Kecemburuan

Di samping berusaha untuk meredam kecemburuan sosial kepada masyarakat, Muzakki juga melihat langkah Idham untuk meredam kecemburuan personel TNI terhadap Polri. Karena selama ini, ia melanjutkan, Polisi kerap terlihat bermewah-mewah dibandingkan matra lain.

"Jangan sampai kemudian sama-sama alat negara kemudian menimbulkan ketidaksetaraan sosial lagi, social inequality bukan dengan Polri dan masyarakat tetapi juga dengan TNI di tiga matra itu," ucap dia.

Muzakki sendiri sangat mengapresiasi langkah Kapolri itu. Menurut dia hal itu merupakan langkah yang begitu brilian untuk meredam ketegangan karena kesenjangan sosial.

"Pimpinan Polri menurut saya cerdas itu. Karena melihat dari sisi sosiologis," tutup dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ilustrasi polisi. (Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Untuk Jadi Anggota Lembaga Penjamin Polis Perlu Kriteria Khusus

Posted: 20 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan harus ada kriteria tertentu bagi perusahaan asuransi yang ingin bergabung dalam Lembaga Penjamin Polis (LPP). LPP sendiri saat ini masih belum terbentuk dan tengah dalam proses kajian di Kementerian Keuangan.

Direktur Pengawasan Asuransi OJK Ahmad Nasrullah menjelaskan kriteria tersebut bertujuan agar perusahaan yang sehat tidak terkena beban untuk menanggung perusahaan asuransi yang sakit.

"Di isi lain kami juga tidak mau ini justru menjadi beban untuk industri asuransi dalam arti kata bagaimana nih yang sakit-sakit, bagaimana yang sehat-sehat," kata dia, saat ditemui dalam acara Insurance Outlook 2020, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (21/11).

Dia mengungkapkan, hal ini telah disampaikan kepada pemerintah yang mempunyai kewenangan membentuk LPP. Sebab OJK tidak memiliki kewenangan tersebut.

 

"Kami waktu itu memberikan masukan supaya itu jadi bahan pertimbangan juga ketika nanti mempertimbangkan kriteria perusahaan mana yang kita masukan," ujarnya.

Secara umum, dia mengatakan industri asuransi di tanah air dalam kondisi yang cukup baik.

"Cuma kalau dibedah secara individu, ada satu dua yang sakit," ungkapnya.

Perusahaan yang sakit, kata dia jangan sampai menjadi penghalang perusahaan lainnya untuk ikut bergabung menjadi anggota di bawah naungan LPP.

"Kalau kita bicara di awal wah nanti dananya habis untuk yang sakit-sakit, ya sudah ditetapkan saja kriteria tertentu bagi perusahaan asuransi, kalau mau jadi peserta ada kriterianya. Itu saya kira itu akan lebih fair," ujarnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Ciptakan Keadilan Diantara Perusahaan Asuransi

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Selain itu, dengan adanya kriteria tersebut, akan menciptakan suatu keadilan diantara perusahaan asuransi yang menjadi anggota.

"Intinya gini, kalau perusahaan itu sakit misalkan ya kalau gak memenuhi kriteria tertentu itu gak bisa jadi peserta. Itu kan fair," ujarnya.

Namun demikian, dia menegaskan kewenangan sepenuhnya berada di tangan pemerintah sebab pembentukan LPP merupakan amanan undang-undang (UU) yang dalam hal ini OJK hanya berperan sebagai pemberi data dan rekomendasi.

"Tapi sepenuhnya kami serahkan ke pemerintah. Kami cuma bisa menyajikan data, fakta dan urgensi keberadaan lembaga ini memang kita anggap penting di Indonesia," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST: Tak Hanya di Indonesia, Hoax juga Mendunia

Posted: 20 Nov 2019 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Awal November ini lebih dari 100 pemeriksa fakta hadir di Menlo Park, California untuk menghadiri Fact-Checking Partner Summit Facebook. Tim cek fakta dari Indonesia termasuk salah satu negara di dunia yang hadir. 

Dalam acara tersebut, third-party fact-checking partner atau mitra pengecekan pihak ketiga dikumpulkan dan bertukar pengalaman dan diupayakan mendapat solusi terbaik.

Dalam acara berkumpulnya para pemeriksa fakta dari berbagai benua, sejumlah di antaranya berkesempatan untuk berbagi studi kasus untuk menghilangkan prasangka dari informasi tertentu di negara mereka.

Mitra dari Brasil, India, Kenya, Spanyol, Israel, dan Amerika Serikat memberikan contoh-contoh cek fakta yang mereka lakukan.

Pemeriksa fakta dari Israel dan Amerika Serikat menunjukkan contoh-contoh cek fakta yang tidak diterbitkan dengan peringkat - atau tidak diterbitkan sama sekali, bahkan setelah ruang redaksi melakukan pelaporan yang sangat mendalam.

Itu menjadi bukti bahwa masyarakat di luar negeri sekalipun ternyata juga rentan hoaks. Dan tim cek fakta dari banyak negara di luar Indonesia sering kewalahan menganalisa berita-berita hoaks tersebut.

Seperti apa sih para pengecek fakta di dunia bekerja? Simak dalam podcast berikut ini:

PODCAST: Tak Hanya di Indonesia, Hoax juga Mendunia

Dengarkan cerita saat bertemu para pengecek fakta dunia selengkapnya dalam podcast Liputan6 di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes RI Tuan Rumah Forum Internasional Asia Pacific FTF ke-12

Posted: 20 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asia Pacific Future Trends Forum ke-12 pada 20 dan 21 November 2019 di Jakarta.

Tahun ini, Kemenkes menggandeng The SMERU Research Institute dan PT Novartis Indonesia untuk menyukseskan forum tahunan yang berisi para pemangku kepentingan dari negara-negara Asia Pasifik. Tidak sekadar bertemu, forum ini menjadi ajang diskusi guna membahas perkembangan dan tantangan yang dihadapi dalam sistem kesehatan.

Ada pun tema yang diangkat adalah Peta Jalan Menuju Jaminan Kesehatan Nasional : Akselerasi melalui Kemitraan Pemerintah dan Swasta. Sementara para pengisinya adalah pembicara dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, dan Thailand.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg Oscar Primadi mengatakan bahwa Asia Pacific FTF merupakan acara penting. Pada kesempatan ini seluruh pihak dapat saling berbagi pengalaman antar negara, khususnya regional Asia Pasifik, terkait seluruh aspek yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, terutama Indonesia.

"Dalam konteks ini kita proses learning, untuk saling mengisi dan dapat saling membangun. Kita jadi tahu upaya-upaya apa yang sudah dilakukan oleh beberapa negara," kata Oscar di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta pada Kamis, 21 November.

 

Upaya Preventif

Lebih lanjut Oscar mengatakan bahwa forum ini sejalan dengan rencana Menteri Kesehatan Terawan yang ingin menguatkan upaya promotif dan preventif di pelayanan kesehatan dasar.

"Ini tentunya upaya-upaya yang tidak kalah pentingnya dalam menjangkau mencapai pelayanan yang komprehensif," katanya.

"Bukan berati meninggalkan upaya-upaya kuratif dan rehabilitatif, tapi bagaimana penekenan kepada aspek-aspek promotif dan preventif itu dikuatkan," Oscar menekankan.

Direktur The SMERU Research Institute, Widjajanti Isdijoso menambahkan bahwa pihaknya ingin mengajak para pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan dari negara-negara Asia Pasifik untuk saling berbagi dan berdiskusi seputar praktik sistem kesehatan. Sehingga tercapai sistem kesehatan yang inovatif dan lebih mapan.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Novartis Indonesia, Jorge Wagner, mengatakan bahwa pihaknya memiliki komitmen untuk secara aktif berperan dalam upaya peningkatan sistem kesehatan di Indonesia, salah satunya program pemberian edukasi ilmiah berkelanjutan (CME) bagi tenaga medis.

"Program CME penting dilakukan agar para tenaga kesehatan dapat terus memperbaharui ilmu dan pengetahuan yang mereka punya sesuai perkembangan inovasi dan teknologi terbaru guna mencapai diagnosis dan tatalaksana penyakit yang lebih baik."

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md Puji Langkah Agus Rahardjo Cs Ajukan Uji Materi UU KPK

Posted: 20 Nov 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md memuji langkah tiga pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama aktivis pegiat antikorupsi, mengajukan uji materi UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

"Bagus-bagus. Biar nanti diuji di sana. Kan di situ akan bertemu perbedaan pendapat antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lain. Kemudian perbedaan dengan pemerintah, kesamaan dengan pemerintah akan ketemu di sana," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Dia pun menyerahkan sepenuhnya kepada para hakim MK yang memutus uji materi UU KPK nantinya.

"Nanti biar hakim MK yang memutuskan. Menurut saya bagus, tidak ada halangan hukum dan halangan konstitusi," jelas Mahfud.

Mengenai harapan sejumlah pihak terhadap Perppu KPK, dia tak mau berbicara banyak. Sebab, dia pernah menjelaskan bahwa Presiden Jokowi yang memiliki kewenangan menerbitkan Perppu dan saat ini menunggu hasil dari uji materi UU KPK di Mahkamah Konstitusi. "Kalau itu sudah jelas. Sudah saya jawab dulu," ucap Mahfud.

Uji Materi UU KPK

Tiga pimpinan KPK, Laode M Syarif, Saut Situmorang dan Agus Rahardjo (ki-ka) bersiap mengajukan judicial review UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK di Gedung MK, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Mereka bersama Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi bakal jadi pemohon. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tiga pimpinan KPK, Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Laode Syarif melakukan uji materi UU KPK. Ketiganya tidak membawa nama institusi melainkan atas dasar pribadi.

Selain mereka, pemohon lainnya adalah eks Komisioner KPK Erry Riyana Hardjapamekas, eks Wakil Ketua KPK Moch Jasin, istri mendiang Nurcholis Madjid Omi Komaria Madjid.

Kemudian ada juga, eks Ketua Pansel KPK Betti S Alisjahbana, dosen IPB Hariadi Kartodihardjo, Dosen UI Mayling Oey, eks Ketua YLKI Suarhatini Hadad, pakar hukum Universitas Trisakti Abdul Ficar Hadjar, pendiri Partai Amanat Nasional, Abdillah Toha, dan Ketua Dewan Yayasan KEHATI Ismid Hadad.

Permohonan ini didukung 39 kuasa hukum yang datang dari koalisi masyarakat sipil, seperti Indonesia Corruption Watch (ICW), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI), hingga LBH Jakarta.

Agus berharap, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu). 

"Walaupun harapan kami juga masih pengin Presiden mengeluarkan Perppu," pungkas Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Ma'ruf Amin Beri Penghargaan Lembaga dan Partai Informatif

Posted: 20 Nov 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan penganugrahan keterbukaan informasi badan publik tahun 2019 mulai dari lembaga negara, pemerintah daerah, nonkementerian hingga partai politik. Ma'ruf pun meminta kepada pimpinan badan publik hingga partai agar meningkatkan kualitas isi informasi yang diberikan pada masyarakat.

"Untuk itu saya meminta kepada pimpinan badan publik, dapat meningkatkan kualitas konten informasi yang disampaikan," kata Ma'ruf saat memberikan penghargaan di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (21/9).

Ma'ruf mengatakan, masyarakat berhak menerima informasi yang akurat dan benar. Sebab itu kata dia, lembaga negara hingga partai politik juga harus jadi acuan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

"Sekaligus jadi ujung tombak penangkal hoaks, miss informasi, atau disinformasi yang dapat menyesatkan masyarakat," kata Ma'ruf.

 

Dorong Transparansi

Tidak hanya itu, Ma'ruf juga berharap lembaga negara dapat mendorong transparansi dan keterbukaan untuk tetap komitmen menjaga. Sebab jika tidak konsisten kata dia, akan menyebabkan penurunan kepercayaan publik.

"Saya mengajak seluruh badan publik untuk meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan amanat UU keterbukaan informasi publik," kata Ma'ruf.

Adapun yang menerima penghargaan partai politik yang Informatif adalah PDIP. Sementara yang cukup informatif yaitu PAN, PKS, PKB dan Demokrat.

Sementara lembaga publik kementerian yang informatif salah satunya yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan transmigrasi hingga Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

 

Reporter: Intan Umbari

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda UAS dan Gus Muwafiq saat Datang ke KPK

Posted: 20 Nov 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selasa, 19 November 2019, siang sekitar pukul 13.30 WIB tiba-tiba terlihat Ustaz Abdul Somad (UAS) keluar dari gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat keluar, UAS menyempatkan diri berfoto bersama dengan beberapa pegawai KPK.

Tak nampak pimpinan dari lembaga antirasuah mengantar UAS saat keluar dari gedung Merah Putih. Menurut UAS, kedatangan ke gedung KPK sama halnya dengan kedatangannya ke instansi lain di Tanah Air, yakni memberikan tausiah atau ceramah.

"Saya sebagai orang dai, masuk ke kantor BUMN, dinas, Kementerian, Badan Pertanahan, dan tadi pagi di Direktorat Keuangan TNI, kemudian siang ini salat zuhur (di KPK)," ujar UAS kepada awak media.

Usai salat zuhur berjamaah, UAS memberikan tausiah atau ceramah di hadapan para pegawai KPK. Menurut UAS, isi tausiahnya berkaitan dengan penguatan mental.

"Tentang integritas, bagaimana dalam Islam kita diajarkan sebesar biji sawi pun kecurangan akan dituntut di hadapan Allah," kata UAS.

Tak lama memang UAS berbincang dengan awak media. Asisten pribadinya kerap meminta awak media menyudahi perbincangan dengan UAS. Pasalnya, UAS harus segera menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, hendak bertolak ke Sumatera Utara.

Meski terkesan terburu-buru, UAS sempat memberikan pesan kepada pimpinan KPK terpilih periode 2019-2023. UAS berharap pemberantasan tindak pidana korupsi makin matang di tangan Komjen Firli Bahuri Cs nanti.

Satu hari berselang, giliran Ahmad Muwafiq yang memberikan tausiah di Gedung KPK. Ulama yang biasa disapa Gus Muwafiq ini memberikan ceramah di hadapan para pimpinan dan puluhan pegawai KPK.

Kedatangan Gus Muwafiq sendiri sudah dikabarkan oleh tim Humas KPK. Berbeda dengan saat kedatangan UAS, tak ada pemberitahuan lebih dahulu dari tim Humas KPK.

Gus Muwafiq memberikan ceramah dalam kegiatan Silaturahmi Kebangsaan dan Doa Bersama untuk Negeri. Acara ini digelar di Gedung Penunjang KPK yang berada di belakang Gedung Merah Putih KPK.

Dalam ceramahnya, Gus Muwafiq mengangkat tema mengenai kebangsaan. Di hadapan pimpinan dan pegawai KPK, Gus Muwafiq menceritakan sejarah dunia, termasuk pengaruh budaya Yunani masuk ke Indonesia dengan berdirinya kerajaan-kerajaan.

"Mereka (orang Yunani), tahu bangsa Indonesia itu bangsa besar," kata Gus Muwafiq dalam siraman rahaninya.

Kiai Nahdlatul Ulama (NU) ini kemudian berbicara mengenai perkembangan teknologi dan peradaban. Dia mengatakan, bangsa-bangsa di dunia saat ini sedang berlomba menjadi nomor satu, dan Indonesia punya potensi jadi bangsa besar.

Menurutnya, Bhineka Tunggal Ika menjadi kekuatan utama yang cukup ampuh bagi bangsa Indonesia dalam membentengi globalisasi.

"Di Indonesia ini berbeda-beda tetapi tetap satu," kata dia..

Pertebal Keimanan

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, kegiatan keagamaan dengan Gus Muwafiq ini digelar untuk memperkuat rasa kebangsaan para pegawainya.

"Tujuan kita memang ingin mempertebal rasa kebangsaan kita. KPK berdiri untuk memperkuat eksistensi NKRI," kata Agus.

Agus mengatakan, kedatangan Gus Muwafiq di KPK memang sudah direncanakan oleh pihaknya. Bahkan, kedatangan Gus Muwafiq merupakan salah satu program pimpinan KPK.

"Kalau yang hari ini memang programnya pimpinan," kata Agus.

Berbeda dengan kedatangan Gus Muwafiq, kedatangan UAS rupanya tak mendapatkan izin dari pimpinan KPK. Bahkan, menurut Agus, saat pimpinan tahu bahwa UAS akan datang, malam sebelumnya pimpinan sudah mencoba mencegah.

"Bukan mencegah kapasitas UAS, tapi kan beberapa waktu lalu pernah ada kontroversi mengenai beliau. Kami mengharapkan kalau yang khotbah di KPK itu orang yang inklusif, orang yang tidak berpihak pada aliran tertentu. Harapan kita semuanya begitu," kata Agus.

Agus mengatakan, kedatangan UAS bukan juga diundang oleh Wadah Pegawai KPK. Melainkan diundang oleh sekelompok orang di KPK yang mengatasnamakan diri dengan organisasi BAIK.

Lantaran sudah mencegah kedatangan UAS di KPK, namun tak diindahkan, Agus menyatakan akan memanggil pegawainya yang mengundang UAS.

"Ya itu nanti kepada pegawainya kita periksa," kata Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsul Sani Sebut RUU KHUP Kembali Dibahas 2020

Posted: 20 Nov 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III akan kembali membahas RUU KUHP dan Pemasyarakatan pada 2020. Hal tersebut dipastikan oleh anggota Komisi III Arsul Sani.

"Jadi 2020 itu RUU KUHP dan RUU pemasyarakatan," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (21/11/2019).

Dua RUU tersebut menurut Arsul akan masuk prolegnas prioritas 2020. Sementara RUU lain yanki RUU MK dan RUU Jabatan Hakim akan masuk pada 2021 atau Prolegnas jangka menengah.

"RUU MK dan RUU Jabatan Hakim di tahun berikutnya atau begitu selesai kita masukkan dalam RUU prioritas," ucap Arsul.

Menurut dia, RUU KUHP tidak akan membahas ulang atau merombak banyak hal. Ini, lanjut dia, sesuai dengan kesepakatan 10 fraksi di DPR pada periode lalu.

 

Hanya Redaksional

Ilustrasi Foto Berkas atau Dokumen. (iStockphoto)

Pembahasan sebelum pengesahan, lanjut dia, hanya seputar redaksional dan penjelasan atau sosialisasi saja.

"Mungkin yang kita akan lihat termasuk kita bicarakan kembali hal-hal yang terkait dengan redaksional, frasa, penjelasan, tapi kalau politik hukumnya saya kira tidak," ucap Arsul Sani.

Politik hukum yang dimaksud seperti pasal mengenai hukuman mati. Arsul memastikan tidak akan ada perubahan esensi dari pasal tersebut.

"Politik hukum contohnya apa? Soal hukuman mati, bahwa itu tidak dihapus total, tapi digeser tempatnya dari pidana pokok menjadi pidana khusus yang harus dijatuhkan oleh sidang alternatif. Itu udah engga akan kita bahas lagi," ia menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Liburan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia di Bali, Romantis Banget

Posted: 20 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pasangan selebriti Tanah Air yang jarang diterpa isu miring adalah pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia. Sosok pasangan selebriti ini sering membagikan momen kebersamaan mereka di media sosial. 

Pasangan selebriti Darius maupun Donna memang sering menjadi presenter olahraga, tak jarang keduanya pun bisa bersamaan dalam menjadi host di satu acara yang sama. Pasangan yang menikah tahun 2006 ini awalnya sama-sama menjadi host dalam acara Piala Dunia 2006 di salah satu stasiun televisi swasta.

Tak lama kemudian keduanya menikah pada 30 Desember 2006. Pasangan selebriti ini terlihat saling melengkapi, seperti Darius yang hobi touring dan Donna yang takut naik motor. Namun keduanya mampu sama-sama menjelajah pegunungan Himalaya dengan naik motor. Rasa takut yang dirasakan Donna Agnesia pun hilang saat ia naik motor bersama Darius.

Usai menjelajah di pegunungan Himalaya, pasangan ini pun sedang berlibur ke Bali. Pasangan yang telah menikah selama 13 tahun ini pun mengunggah momen romantisnya saat bersama di media sosial masing-masing.

Berikut 7 momen liburan pasangan selebriti Darius Sinathrya bersama Donna Agnesia di Bali yang Liputan6.com kutip dari Instagram @darius_sinathrya dan @dagnesia, Kamis (21/11/2019)

1. Bersama-sama meluangkan waktu dari kesibukan, pasangan ini pun menikmati liburan bersama di Bali

Darius Sinathrya bersama Donna Agnesia di Bali (Sumber: Instagram/darius_sinathrya)

2. Pasangan yang selalu disebut couple goals ini selalu jadi idola masyarakat

Darius Sinathrya bersama Donna Agnesia di Bali (Sumber: Instagram/dagnesia)

3. Keduanya menikmati waktu liburan di sebuah hotel

Darius Sinathrya bersama Donna Agnesia di Bali (Sumber: Instagram/dagnesia)

4. Momen romantis makan malam berdua di pinggir kolam renang

Darius Sinathrya bersama Donna Agnesia di Bali (Sumber: Instagram/dagnesia)

5. Liburan ke Bali memang kurang bila belum jalan-jalan ke pantai, Darius pun menuliskan keterangan romantis di media sosialnya

Darius Sinathrya bersama Donna Agnesia di Bali (Sumber: Instagram/dagnesia)

6. Sambil menikmati pemandangan indah di Bali, keduanya pun berenang bersama.

Darius Sinathrya bersama Donna Agnesia di Bali (Sumber: Instagram/darius_sinathrya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ingin Kemudahan Berusaha Indonesia Naik ke Peringkat 40

Posted: 20 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Indonesia saat ini berada di peringkat 73 kemudahan berusaha (ease of doing business). Jokowi mengatakan bahwa peringkat tersebut cukup stagnan bahkan cenderung menurun, mengingat pada 2018 lalu Indonesia berada di peringkat 72.

"Keinginan kita bersama kita ingin agar ada sebuah kenaikan peringkat lagi dalam kemudahan berusaha di Indonesia yaitu di angka 40, di peringkat 40-50 yang kita inginkan," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai percepatan kemudahan berusaha di Kantor Presiden, Kamis (21/11/2019).

Untuk itu, Jokowi meminta para menterinya untuk melakukan upaya-upaya agar peringkat Indonesia dalam hal kemudahan berusaha bisa naik di angka 40. Dia menegaskan perlu adanya sebuah reformasi struktural, deregulasi, dan debirokratisasi agar mencapai hal itu.

"Sehingga kemudian berusaha betul-betul bisa kita potong kita sederhanakan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta para jajaran menterinya untuk mempelajari masalah-masalah yang menghambat kemudahan dalam berusaha. Jokowi menekankan para menteri untuk melakukan reformasi pelayanan perizinan yang terintegrasi dari pusat ke daerah.

"Saya juga minta kepada Menko Perekonomian dan Menko Maritim dan Investasi untuk mengawal langkah-langkah perbaikan reformasi di semua titik-titik lemah itu agar semuanya terdeliver dengan baik," kata dia.

Jokowi menuturkan sistem yang dapat mengintegarasikan informasi dari pusat ke daerah harus di desain dengan baik. Dengan begitu, pemerintah dapat mengawasi proses perizinan yang membuat kemudahan berusaha menjadi terhambat.

"Sehingga bener-bener kita bisa melihat, bisa mengontrol, bisa mengawasi proses-proses yang ada dimana berhentinya, dimana ruwetnya bisa kita kontrol dan kita awasi," ucap Jokowi.

Peringkat Kemudahan Berusaha Indonesia Tidak Berubah

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Bank Dunia merilis laporan kemudahan berusaha terbarunya. Kali ini, peringkat Indonesia tidak mengalami perubahan dari peringkat tahun lalu yaitu berada pada posisi 73.

Laporan Doing Business 2020, seperti mengutip Atara, Kamis (24/10/2019), menyatakan Indonesia sedikit mencatatkan peningkatan skor dari 67,96 menjadi 69,6 pada tahun ini. 

Dalam laporan tersebut, Bank Dunia menyatakan sejumlah faktor yang mendukung kemudahan bisnis di Indonesia antara lain proses untuk memulai bisnis, urusan perpajakan, hingga kegiatan perdagangan lintas batas.

Salah satu faktor yang mendukung proses untuk memulai bisnis adalah adanya sistem layanan integrasi terpadu elektronik (OSS) untuk kemudahan berusaha bagi para investor.

"Indonesia telah mempermudah proses untuk memulai bisnis dengan memperkenalkan platform online untuk lisensi bisnis dan mengganti sertifikat cetak dengan sertifikat elektronik," sebut laporan itu.

Hal lain yang mempermudah proses memulai bisnis adalah penyediaan listrik yang memadai karena adanya perbaikan dan pemeliharaan jaringan di Surabaya.

Laporan ini juga menyoroti sistem pengisian deklarasi bea cukai yang memudahkan para pelaku usaha dalam melakukan perdagangan lintas batas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Telegram: WhatsApp Mata-Matai Pengguna Seperti Kuda Troya

Posted: 20 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri aplikasi Telegram Pavel Durov kembali melayangkan kritik terhadap WhatsApp. Kritik itu dia ungkapkan di akun Telegram resmi miliknya.

Menurut Durov, dengan beragam celah keamanan di WhatsApp, aplikasi tersebut menjadi salah satu alat mata-mata penggunanya.

Dia merujuk pada temuan sebelumnya yang menyebut WhatsApp telah disusupi spyware buatan perusahaan asal Israel, NSO Group. Dia pun pernah membahas hal ini Mei lalu di akunnya.

Bahkan, kali ini pria asal Rusia itu menyebut WhatsApp merupakan "kuda troya" yang digunakan untuk mengamati pesan dan gambar yang sebenarnya tidak memanfaatkan aplikasi milik Facebook tersebut.

"Facebook sejak lama sudah menjadi bagian dari program mata-mata jauh sebelum mengakuisisi WhatsApp. Naif, apabila perusahaan akan mengubah kebijakannya usai akusisi," tulis Durov seperti dikutip dari The Independent, Kamis (21/11/2019).

Dia juga sempat mengutip pernyataan co-founder WhatsApp Brian Acton beberapa waktu lalu. Ketika itu, dia menyorot tindakan Facebook yang dianggap tidak mampu menjaga privasi data pengguna.

Selain itu, Durov juga menyebut Facebook berusaha untuk membingungkan publik dengan menyebut tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa temuan backdoor baru-baru ini dapat diakses peretas.

Dia menuding Facebook berkelit karena mereka memang tidak memiliki bukti pesan atau video yang cukup sebab data tersebut tidak disimpan di peladen (server) WhatsApp, melainkan dikirimkan ke Google dan Apple.

Masalah Keamanan di WhatsApp yang Berulang

Menkominfo Rudiantara menerima kunjungan pendiri sekaligus CEO Telegram, Pavel Durov setibanya di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (1/8). Pertemuan Menkominfo dengan Durov untuk menindaklanjuti pemblokiran Telegram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan beragam kerentanan dan celah keamanan itu, Durov mengatakan mungkin saja WhatsApp sengaja membukanya di aplikasi mereka dalam kurun waktu tertentu. Dia pun membandingkan kondisi tersebut dengan Telegram.

"Telegram, aplikasi serupa yang memiliki kompleksitas sama, tidak memiliki masalah serupa WhatsApp tersebut. Sangat tidak mungkin, ada orang yang tidak sengaja melakukan kesalahan keamanan besar, secara teratur," tuturnya.

Oleh sebab itu, dia pun menyerukan pengguna menghapus WhatsApp dari perangkatnya.

"Kecuali kamu (pengguna) santai saja apabila foto dan pesanmu terbuka untuk publik suatu hari," tutup unggahan tersebut.

Bos Telegram: WhatsApp Tidak Akan Pernah Aman

Logo Aplikasi Telegram

Sebelumnya, Pavel Durov juga mengomentari celah keamanan WhatsApp. Ia menilai celah keamanan spyware yang terjadi pada WhatsApp, bisa membuat semua yang ada di dalam ponsel, termasuk foto, email, dan teks diakses oleh hacker.

"WhatsApp memiliki sejarah yang konsisten, dari nol enkripsi di awal hingga berhasil hingga suksesi masalah keamanan, yang anehnya cocok untuk keperluan pengawasan. Menengok ke belakang, belum ada satu hari dalam 10 tahun perjalanan WhatsApp ketika layanan tersebut aman," ungkap Durov dalam laman blog, seperti dikutip dari Independent, Jumat (17/5/2019).

"Setiap kali WhatsApp mengatasi kerentanan kritis dalam aplikasi mereka, muncul yang baru. Semua masalah kemanan mereka cocok untuk pengawasan, serta terlihat dan bekerja sangat mirip dengan backdoor," tulis Durov.

Durov meyakini, aplikasi pesan WhatsApp tidak akan pernah aman kecuali secara mendasar mengubah cara kerjanya.

 

WhatsApp Tidak Berorientasi pada Privasi Pengguna

"Agar WhatsApp menjadi layanan yang berorientasi pada privasi, harus berisiko kehilangan seluruh pasar dan bentrok dengan pihak berwenang di negara asal mereka. WhatsApp tidak siap untuk itu," jelas Durov.

Sebelum Telegram, Durov mendirikan VK yang kerap disebut sebagai Facebook-nya Rusia. Ketika ia menolak mematuhi perintah pemerintah setempat terkait keamanan pengguna VK, Durov terpaksa meninggalkan negara asalnya itu.

Durov sendiri selama ini dikenal sangat menjaga keamanan data para pengguna layanannya. Komitmennya ini membuat Telegram dikritik berbagai negara, termasuk Rusia dan Iran, karena menolak tekanan untuk melemahkan keamanannya.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Keputusan Pemerintah untuk Pemulangan WNI Eks-ISIS dari Suriah

Posted: 20 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme RI mengatakan bahwa instansinya telah memiliki alat untuk melakukan program deradikalisasi yang khusus ditujukan kepada orang Indonesia eks-ISIS atau eks-foreign terrorist fighter di Suriah, seandainya mereka dikembalikan ke Tanah Air.

Namun yang menjadi persoalan, kata Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto, pihaknya masih menunggu keputusan politik dari pemerintah perihal apakah Indonesia akan mengupayakan atau bahkan, menerima kepulangan mereka.

"Belum ada keputusan nasional untuk mengembalikan (orang-orang tersebut)," kata Andhika selepas mengisi seminar 'Countering and Preventing Violent Extremism and Radicalization – A Danish Perspective' di Jakarta, Rabu 20 November 2019.

"Berbagai persiapan apapun yang bisa dilakukan tidak akan berarti jika belum ada (keputusan pemerintah). Sehingga sekarang, belum dapat dilaksanakan, karena memang belum ada keputusan bersama," lanjutnya.

Andhika menegaskan bahwa BNPT baru bisa bergerak setelah keputusan nasional itu dirampungkan --di mana saat ini, isu tersebut tengah digodok oleh Kemenko Polhukam selaku ujung tombak, berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain.

Kendati demikian, Andhika menambahkan bahwa "BNPT sudah punya alat" deradikalisasi, re-integrasi, dan rehabilitasi orang-orang tersebut, jika seandainya pemerintah secara bulat memutuskan untuk menerima mereka kembali.

Data dari Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) menyebut ada "sekitar 295 WNI ... termasuk di antaranya kelompok rentan (anak-anak dan perempuan)" eks-simpatisan dan militan ISIS yang tertahan di kamp-kamp penahanan yang dikendalikan oleh Pasukan Demokratik Kurdi Suriah.

"Sementara itu, lebih dari 100 di antara mereka sudah lari dari kamp-kamp tersebut," tambah Direktur IPAC Sydney Jones, kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu 20 November 2019.

Sejumlah media internasional, seperti The New York Times dan Al Jazeera melaporkan bahwa ada fenomena larinya sejumlah penghuni kamp-kamp tahanan eks-simpatisan ISIS di Suriah menyusul operasi militer Turki ke Suriah utara yang dikuasai Kurdi. Beberapa yang melarikan diri merupakan orang-orang yang berstatus sebagai eks-militan atau eks-kombatan ISIS, di samping simpatisan non-kombatan.

"Pemerintah RI harus menindak mereka ... dan pemerintah memiliki tanggung jawab untuk mencegah orang-orang tersebut kembali melakukan aksi kekerasan atau membentuk organisasi teroris baru di lokasi lain," kata Sydney Jones.

Namun ia memahami bahwa situasi sarat konflik di Suriah utara "membahayakan agen pemerintah RI, jika pada akhirnya mereka memutuskan untuk menarik keluar orang-orang (eks-ISIS) tersebut dari sana."

Senada, diplomat Indonesia, Arrmanatha Nasir mengatakan saat masih menjabat sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri RI awal tahun ini bahwa butuh ada verifikasi berjenjang hingga keputusan bulat pemerintah RI terkait penanganan hukum hingga program deradikalisasi yang akan diberikan kepada mereka, jelasnya.

Bukan Perkara Mudah

Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI (Liputan6.com / Gempur M Surya)

Kementerian Luar Negeri RI, selaku ujung tombak diplomasi perlindungan WNI di luar negeri, mengaku kesulitan melakukan pendataan aktual terhadap jumlah orang-orang tersebut. Penyebabnya, mayoritas lokasi kamp-kamp berada di zona pertempuran di Suriah utara, bagian dari Perang Saudara Suriah yang masih berlangsung hingga saat ini.

Pemeriksaan dokumen demi verifikasi kewarganegaaran mereka pun sulit dilakukan, ungkap Kemlu beberapa waktu lalu, mengingat, sebagian besar orang-orang tersebut melakukan migrasi ilegal.

Pada akhir Oktober 2019, pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengatakan, pemerintah belum mendapat informasi jelas tentang jumlah orang Indonesia simpatisan ISIS yang berada di Suriah karena proses verifikasi masih terus dilakukan.

Komentar itu datang ketika pemerintah Turki, yang berhasil menduduki Suriah utara pasca-operasi militer mereka Oktober lalu, menyerukan agar negara-negara asing menerima kembali eks-simpatisan ISIS yang ditahan diwilayah tersebut.

"Selama ini, Indonesia terus bekerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki akses ke dalam. Maka dari itu masih sulit sekali untuk mengonfirmasi kebenarannya," kata Faizasyah.

Ia menambahkan, nantinya Indonesia memerlukan upaya khusus di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk bisa memastikan status para WNI di Suriah. Hal itu membutuhkan waktu yang cukup lama karena warga negara yang meninggalkan Indonesia tanpa melapor ke perwakilan manapun, tidak terdeteksi.

Soal kabar bahwa Turki akan turut membantu memulangkan para WNI, Faizasyah menjelaskan, "Saya belum dengar soal itu. Yang saya tahu, pada waktu lalu ada yang dibantu pulang oleh pemerintah dengan kerja sama dengan negara setempat seperti Irak dan lainnya," ujar Faizasyah.

Indonesia terus melakukan komunikasi dengan pemerintah Irak, Turki, dan Suriah. Namun, akan tetap sulit bagi pemerintah untuk bisa masuk ke wilayah konflik, walaupun sudah sedikit mereda.

Kemlu RI menyatakan akan terus melakukan komunikasi dengan pemerintah berdaulat, melakukan proses lainnya bersama pihak ketiga seperti Palang Merah Internasional (ICRC) atau badan netral lain yang bisa membantu.

Selain itu, pemerintah juga belum dapat memastikan tentang Foreign Terrorist Fighters (FTF) asal Indonesia, kata Faizasyah "lantaran proses verifikasi nasional masih sangat sulit dilakukan karena kondisi dan wilayah yang tidak memungkinkan."

Sementara itu, muncul laporan bahwa beberapa orang Indonesia tewas akibat kekerasan yang terjadi di dalam kamp-kamp penahanan simpatisan ISIS di Suriah. Sedangkan laporan lain mengkhawatirkan bahwa pengabaian terhadap orang-orang di kamp tersebut bisa memicu bertumbuhnya gelombang teroris lone wolf, sleeper cells, hingga kelompok baru.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polusi Udara Akut, Bar di India Jual Oksigen ke Warga

Posted: 20 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah bar menjual oksigen murni dengan berbagai rasa. Oksigen dijual sekitar Rp58 ribu selama 15 menit. Alasan dijualnya oksigen ini karena polusi udara yang kian memburuk di India.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Sudah Kucurkan Diskon Pajak Hingga Rp 804 Triliun

Posted: 20 Nov 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan realisasi diskon pajak untuk tax allowance dan tax holiday mencapai Rp 804 triliun. Masing-masing insentif tersebut terealisasi sebesar Rp 285 triliun dan Rp 519 triliun.

"Tax allowance yang dimutakhirkan baru-baru ini sudah lebih menjangkau lebih dari Rp 285 triliun, 158 fasilitas, dan 140 pembayar wajib pajak," ujar Sri Mulyani di Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Untuk tax holiday, kata Sri Mulyani, hingga kini sudah tercatat sebanyak 44 wajib [pajak]( 4111120 "") yang memanfaatkan. Jumlah tersebut terdiri dari 35 investor asing dan 9 investor domestik.

"Untuk tax holiday kita berikan dengan kualifikasi mudah, jumlah investasi yang diberikan dan itu selagi anda berada di sektor ini. Saat ini kita sudah menerima lebih dari Rp 519 triliun, 44 wajib pajak, terdiri dari 35 asing dan 9 domestik," jelasnya.

Sri Mulyani juga menambahkan, pada pemerintahan kedua Presiden Joko Widodo, kabinet Indonesia Maju akan mengeliminasi beberapa daftar investasi negatif. Sehingga, Indonesia akan lebih terbuka untuk investasi dan lapangan pekerjaan.

"Ketika anda datang investasi, anda bisa dapatkan insentif lebih lanjut. Allowance, Holiday dan super deduction tax untuk penelitian dan pengembangan untuk vokasi dan kejuruan dan super deduction untuk proyek padat karya," paparnya.

"Ini berikan sinyal kepada investor bahwa anda tidak hanya disambut disini tapi juga berikan insentif agar uang yang anda bawa, teknologi dan pengetahuan yang anda bawa, akan benar benar ciptakan kegiatan produktif di indonesia," tandasnya.

 

347 Perda Hambat Investasi, Paling Banyak Soal Pajak

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) mencatat sebanyak 347 peraturan daerah (perda) bermasalah menghambat investasi masuk ke Indonesia. Dari jumlah tersebut, perda bermasalah paling banyak pada aspek pajak dan retribusi.

"Hingga hari ini, KPPOD berhasil mengumpulkan 347 perda bermasalah dari jumlah 1.109 perda yang telah dikaji," ujar Direktur Eksekutif KPPOD Robert Endi Jaweng di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Rabu (20/11).

KPPOD melakukan studi lapangan di enam daerah yaitu DKI Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Kulonprogo, Sidoarjo, untuk menemukan akar permasalahan regulasi bermasalah.

Ruang lingkup studi meliputi peraturan daerah terkait ekonomi dan investasi kegiatan berusaha antara lain, Perda Pajak dan Retribusi, Perizinan, Ketenagakerjaan, dan Perda kegiatan berusaha lainnya.

Studi tersebut menemukan perda bermasalah khusus investasi dan kegiatan berusaha ditenggarai beberapa hal. Pertama, proses pembentukan perda minim partisipasi publik.

 

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Sang Prawira Libatkan Perwira Polisi Sebagai Aktor

Posted: 20 Nov 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pihak MRG Films bekerja sama dengan Mabes Polri meluncurkan film Sang Prawira. Sesuai judulnya, film ini mengisahkan perjuangan seorang pemuda yang menjalani pendidikan kepolisian.

Digarap sutradara Ponti Gea, Sang Prawira melibatkan para perwira kepolisian daerah Sumatera Utara sebagai pemainnya. Melalui poster yang diterima Liputan6.com, Kamis (21/11/2019), setidaknya ada tiga anggota kepolisian yang tampil.

bacajuga

Para perwira yang menjadi aktor dalam Sang Prawira rata-rata berpangkat Ipda (Inspektur Dua Polisi). Mereka adalah Ipda Adityo ACP, Ipda Dimas Adit S, dan Ipda M Fauzan Yonnadi. Selain para perwira kepolisian, Sang Prawira juga menggandeng aktris muda Anggika Bolsterli.

Selain itu, Sang Prawira juga menampilkan akting sejumlah pejabat. Mereka adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, Menko Maritim Luhut Panjaitan, serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

 

Berjenis Drama

Kisah film berjenis drama ini menyorot seorang pemuda desa dari pinggiran Danau Toba yang bertekad untuk mengejar cita-citanya sebagai anggota polisi.

Perbedaan pendapat dalam satu keluarga pun ditonjolkan, terutama keputusan tokoh utamanya untuk mengenyam pendidikan lanjutan untuk pelajar SMA.

Tanggal Tayang

Sang Prawira juga menyajikan budaya sekaligus keindahan destinasi wisata lokal. Film ini juga cocok untuk keluarga, melihat ada beberapa adegan komedi di sepanjang trailer.

Rencananya, film ini tayang perdana di bioskop seluruh Tanah Air pada 28 November 2019 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Anggota Satpol PP Diduga Pembobol ATM Rp 32 Miliar Dipecat

Posted: 20 Nov 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir menyatakan 12 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI yang diduga terlibat dalam pembobolan duit di mesin ATM dengan media kartu ATM DKI telah dipecat.

"SK (Surat Keputusan) pemberhentian atau pemecatannya sudah kami keluarkan sejak Rabu (19/11/2019) kemarin," kata Chaidir saat dihubungi, Kamis (21/11/2019).

Dia menjelaskan alasan pemecatan itu untuk memudahkan penyelidikan. Sebab 12 anggota tersebut masih berstatus pegawai tidak tepat atau kontrak.

Sedangkan bila berstatus pegawai tetap, pemecatan dilakukan setelah adanya keputusan hukum tetap atau inkrah. Selain itu, kata Chaidir, anggota Satpol PP yang dipecat tidak mendapatkan pesangon.

"Berdasarkan BAP, dari Satpol PP yang kami terima, bahwa pelanggaran yang mereka lakukan itu kategori berat, sehingga pemerintah melakukan pemecatan," jelasnya.

Sebelumnya, Petugas Satpol PP di Jakarta Barat berinisial MO diperiksa Polda Metro Jaya karena diduga terlibat kasus pencucian uang melalui Bank DKI sebesar Rp 32 miliar. Diduga, MO melakukan aksi tersebut tidak seorang diri, namun bersama dengan beberapa rekannya yang lain.

 

Rp 32 Miliar

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memberikan hormat ketika upacara peringatan HUT Satpol PP ke-68 di Monas, Jakarta, Kamis (26/4). Dalam HUT Satpol PP itu, Gubernur DKI Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Dikabarkan bahwa telah terjadi pengambilan uang dalam jumlah tak wajar oleh beberapa orang oknum petugas Satpol PP melalui mesin ATM dengan media kartu ATM Bank DKI.

Namun ketika uang diambil oleh pelaku yang memiliki rekening Bank DKI, saldo dalam tabungannya tidak berkurang sama sekali sehingga tindakan ini kembali diulang oleh para pelaku.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin mengatakan berdasarkan pengakuan dari oknum anggotanya yang diduga membobol Bank DKI, bahwa mereka sudah melakukan tindakannya sejak Mei, hingga menimbulkan kerugian sebesar Rp 32 miliar.

"Ini menurut pengakuan mereka sudah lama. Bukan dalam sekali ambil sebesar itu, tidak. Ada yang bilang sejak Mei 2019, lanjut sampai Agustus," kata Arifin saat dihubungi di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Ke-12 orang oknum tersebut, kata Arifin, saat ini sudah dinonaktifkan. Beberapa orang di antaranya, lanjut Arifin, memiliki itikad baik untuk mengembalikan uang tersebut pada Bank DKI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Segera Bentuk Lembaga Penjamin Polis Asuransi

Posted: 20 Nov 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merekomendasikan pemerintah untuk segera membentuk Lembaga Penjamin Polis (LPP) di bidang asuransi. Sebab hal itu merupakan salah satu amanat dari undang-undang (UU) asuransi.

Direktur Pengawasan Asuransi OJK, Ahmad Nasrullah menyebutkan dengan adanya LPP tersebut diharapakan dapat kembali mendongkrak industri asuransi di tanah air.

Sebab dengan adanya LPP, kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi akan semakin bertambah dan terjaga.

 

"Substansinya adalah, pertama dari sisi UU memang itu sudah diamanatkan. Yang kedua, saya kira ini tuh momentum yang bagus untuk menumbuhkembangkan kembali industri kita melalui keberadaan lembaga ini," kata dia, saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (21/11).

Dia mengungkapkan kewenangan pembentukan ini berada di Kementerian Keuangan tepatnya Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Saat ini, pembentukan LPP tengah dalam proses kajian.

"Kalau amanat UU itu kan pembentukannya harus dengan UU, nah itu wilayahnya pemerintah dengan DPR," ujarnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

OJK Aktif Terlibat

Logo OJK. Liputan6.com/Nurmayanti

Adapun mekanismenya sendiri akan ditentukan oleh pemerintah. Apakah LPP akan berdiri sendiri atau menjadi bagian dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Dan mengenai mekanismenya teknisnya seperti apa ini yang saya dengar memang sedang digodok oleh pemerintah. Apakah nanti akan jadi bagian programnya LPS atau dibentuk lembaga baru itu kami serahkan sepenuhnya ke pemerintah," ujarnya.

OJK juga turut aktif terlibat dalam pembahasan tersebut. Dan memandang perlunya segera dibentuk LPP.

"Memang dalam berbagai kajian OJK dimintakan pandangannya gitu kan, nah menurut kami keberadaan lembaga ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi," ujarnya.

OJK, kata dia, hanya sebatas memberi rekomendasi dan data-data terkait kondisi asuransi saat ini.

Mereka kemarin minta data asuransi di kita misalnya secara umum kondisi perusahaan asuransi seperti apa. Kita sampaikan kan memang secara industri kan bagus," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JFlow Curhat Tak Punya Penghasilan Tetap

Posted: 20 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjadi musisi tak senikmat yang dibayangkan. Penyanyi dan penulis lagu JFlow, misalnya mengaku tak punya penghasilan tetap.

Hingga saat ini, satu-satunya sumber pendapatan JFlow dari musik.

Kepada Showbiz Liputan6.com, JFlow menyebut penghasilannya berasal dari tawaran manggung di acara perusahaan swasta maupun BUMN, royalti menulis lagu dan permintaan lagu dari penyanyi lain.

JFlow tak punya bank lagu atau stok lagu yang bisa dijual ke pihak lain sewaktu-waktu. JFlow menulis lagu berdasarkan karakter pemesan.

Enggak Setengah-setengah

JFlow belajar peduli pada orang lain. (Foto: Wayan Diananto)

"Saya kalau mengerjakan sesuatu enggak setengah-setengah. Saya masih punya pendapatan aktif, sampai sekarang uang saya, ya dari bermusik. Belum punya pendapatan pasif atau pendapatan tetap per bulan. Sampai sekarang jumlahnya enggak rutin," ungkap JFlow di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Bahkan untuk sesuatu yang pasti dapat bayaran pun kurang jelas kapan pembayarannya.

Tetap Peduli Sesama

JFlow (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Kadang pembayarannya di bulan yang sama atau bulan depan. Dibayar di tahun yang sama saja saya sudah happy," ujar rekan duet BCL di lagu fenomena "Dance Tonight."

Kondisi ini tak menciutkan niatnya untuk berbuat baik atau peduli terhadap sesama. JFlow belajar peduli dari kiprah para sahabat di sekitarnya.

Pilih Kegiatan Sosial

JFlow bersama sahabatnya, Andy F. Noya. (Foto: Wayan Diananto)

Salah satunya, presenter Andy F. Noya. "Dari Bang Andy saya belajar tidak terlibat di semua kegiatan sosial. Pilih beberapa, fokus di sana. Saya pernah bareng Bang Andy F. Noya saat membantu mendonasikan kaki palsu, bola, dan operasi mata. Isu yang disasar spesifik," papar JFlow dalam sesi penggalangan dana BenihBaik.com dan Tokopedia.

Kampanye ini mengajak pelanggan menyisihkan uang 500 rupiah saat berbelanja. Penggalangan dana dilakukan dari 25 Oktober hingga 25 Desember 2019. Hasilnya untuk membantu MTS Sunanul Huda di Bogor, Jawa Barat.

Sedih

Preskon Album Asian Games 2018 (Deki Prayoga/bintang.com)

JFlow mengaku belajar banyak dari sahabat yang peduli dengan orang lain. "Dari para sahabat saya belajar kalau kita enggak pernah menabur jangan berharap menuai. Kalau enggak bekerja, ya jangan harap bisa makan," JFlow menyimpulkan.

Ada satu hal yang membuatnya prihatin. Belakangan, orang yang berbuat baik malah dicurigai dan kejahatan makin dimaklumi.

"Sedih, ya. Orang berbuat jahat dengan dalih semua orang juga melakukannya. Lalu dianggap lumrah. Sementara orang yang berbuat baik dituding pencitraanlah, ada kepentingan terselubunglah, dikaitkan dengan anulah. Semoga kita bisa memandang kebaikan dengan lebih jernih," harapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Semifinal Liga 2: Sengit, Berebut Tiket Promosi

Posted: 20 Nov 2019 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Liga 2 2019 telah memasuki laga-laga puncak. Empat tim: Sriwijaya FC, Persita Tangerang, Persiraja Banda Aceh, dan Persik Kediri akan tampil di semifinal untuk memperebutkan tiga tiket promosi ke Liga 1 2020.

Dua tim yang lolos ke final, akan langsung mendapat tiket ke Liga 1 2020. Sementara dua tim yang kalah akan saling bunuh di laga play-off untuk memperebutkan satu tiket tersisa.

Bagi Sriwijaya FC, jika lolos, artinya mereka hanya semusim merasakan atmosfer di kasta kedua Liga Indonesia. Pasalnya, tim asal Palembang ini baru musim lalu terdegradasi ke Liga 2.

Sementara bagi Persita, ini kedua kalinya mereka lolos ke semifinal Liga 2. Musim lalu, setelah kalah dari Semen Padang di Semifinal, Pendekar Cisadane dihajar Kalteng Putra di play off perebutan tempat ketiga.

Berikut jadwal Semifinal Liga 2 yang akan disiarkan di TVOne dan Vidio.

 

Semifinal 1

Kamis, 22 November 2019

15.30 WIB, Sriwijaya FC vs Persita Tangerang

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali

Live: TvOne/Vidio

Blitar Bandung United meraih hasil imbang kontra Sriwijaya FC (2-2) di Stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Bandung, Senin (5/8/2019), dalam laga lanjutan Liga 2 2019. (Bola.com/Erwin Snaz)

Semifinal 2

Kamis, 22 November 2019

18.30 WIB, Persik vs Persiraja

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali

Live: Vidio

Pemain Persik Kediri melakukan sujud syukur usai mengalahkan Persita pada partai kedua babak delapan besar Grup B Liga 2 2019. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Saksikan Video Liga 2 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama KIEC-Polda Banten

Posted: 20 Nov 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka meningkatkan kondusivitas di Kawasan Industri Krakatau I dan II, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pengamanan terpadu OBVITNAS dengan Kepolisian Daerah (Polda) Banten di Convention Hall The Royale Krakatau Hotel.

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu dihadiri Direktur Utama PT KIEC Priyo Budianto, Direktur Operasi dan Komersial PT KIEC Iip Arief Budiman, Direktur Pamobvit Polda Banten Komisaris Besar Polisi M. Hidayat, Kapolres Kota Cilegon yang dalam kesempatan ini diwakili oleh IPTU Pol Paryanto, Kanit Obvit Polres Cilegon, Komandan Kodim 0623 Cilegon yang diwakili  Danramil Ciwandan dan Danramil Merak, para Camat dan Lurah sekitar kawasan industri serta perwakilan 103 tenant dari Kawasan Industri Krakatau I dan II.

Acara diawali dengan pembacaan naskah perjanjian dilanjutkan penandatanganan perjanjian kerjasama pengamanan terpadu OBVITNAS oleh Direktur Pamobvit Polda Banten dan Direktur Utama PT KIEC. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Direktur Pamobvit Polda Banten juga menjelaskan mengenai OBVITNAS dan implementasi pengamanan terpadu di Kawasan Industri Krakatau.

Dalam sambutannya, Priyo Budianto selaku Direktur Utama PT KIEC menyampaikan terima kasihnya kepada Polda Banten dan perwakilan tenant Kawasan Industri Krakatau yang telah hadir di The Royale Krakatau Hotel.

"Dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kondusivitas di Kawasan Industri Krakatau sehingga kegiatan usaha para investor dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, dengan peningkatan keamanan dan ketertiban diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi di Kawasan Industri Krakatau I dan II," ungkapnya.

Komisaris Besar Polisi M. Hidayat menyampaikan bahwa dengan kerja sama ini akan memperkuat aspek legalitas karena nanti dalam pelaksanaannya disertai dengan proses audit. "Aset Nasional di Cilegon yang merupakan kebanggan kita sejak puluhan tahun lalu ini harus dijaga serta terus ditingkatkan keamanannya dimana dalam hal ini kepolisianlah yang bertanggung jawab."

Dengan penandatanganan perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kondusivitas di area Kawasan Industri Krakatau sehingga dapat tercipta stabilitas, keamanan, ketertiban dan keberlangsungan usaha yang pada akhirnya akan memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha industri di Kawasan Industri Krakatau. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denny Indrayana Temui Mahfud Md, Sempat Singgung Maju Pilkada Kalsel

Posted: 20 Nov 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menemui Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Selain bersilaturahmi, dia pun sempat membahas keinginannya maju dalam Pilkada Kalimantan Selatan 2020.

"Iya, kita singgung sedikitlah. Bahwa memang lagi ada proses maju di Kalimantan Selatan. Saya kasih gambaran kepada beliau tentang situasi di sana, tapi Prof Mahfud lebih paham lah. Jadi lebih banyak kangen-kangenan, silaturahim," ucap Denny Indrayana di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Dia menuturkan, tidak ada pesan yang khusus dari Mahfud soal ini. "Kalau bicara politiknya sambil lalu saja. Yang lebih khususnya kangen-kangenan," tutur Denny.

Denny Indrayana menuturkan, sejauh ini sudah memasukkan lamaran ke beberapa parpol untuk bisa mengikuti Pilkada Kalimantan Selatan 2020.

Cari Calon Wagub

Tim kuasa hukum Prabowo-Sandi, Denny Indrayana bersiap membacakan materi gugatan dari pasangan 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (14/6/2019). (Lputan6.com/Johan Tallo)

"Jadi ada 4 parpol yang saya sudah masukan formulir. Gerindra, Demokrat, PKS, Nasdem. Saya sedang jajaki juga PKB, PAN, dan PPP. Yang lain saya sedang berproses mencari calon wakil gubernur di Kalsel," tegas Denny.

Sementara itu, Mahfud membenarkan menyinggung soal majunya Denny Indrayana di Kalimantan Selatan.

"Kalau itu dia iya. Itu hak politik dia. Tapi politik dalam situasi yang sekarang ini enggak ada. Kemungkinan dia akan maju sebagai Cagub," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BNPT: Data 3 Persen TNI Radikal Tidak Akurat

Posted: 20 Nov 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja bersamaBadan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pada saat pemaparan, Pimpinan sidang Sarifuddin Sudding menanyakan informasi yang menyebut tiga persen TNI terpapar radikalisme.

"Terkait statemen (mantan) Menhan Ryamizard ada 3 persen TNI kita terpapar radikalisme atau terorisme bagaimana?" tanya Sudding di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (21/11/2019).

Kepala BNPT Suhardi Alius menjawab bahwa dia tidak tahu darimana asal data 3 persen itu. BNPT tidak pernah merilis data tingkat radikalisme di instansi mana pun.

"Begitu ada statemen itu, kami ditelepon Pak Wiranto (eks Menko Polhukam) langsung, dari mana data itu? Kami juga tidak tahu pak, silakan bapak tanya Pak Menhan karena tidak punya data itu," kata Suhardi.

Suhardi mengakui pemetaan adanya radikalisme ditemukan di berbagai instansi termasuk TNI, ASN hingga kampus. Namun, pihaknya tidak pernah merilis data melainkan mereduksi.

"Sebagai informasi ASN juga demikian, kita banyak petakan dan kami kerja sama dengan Kemenpan RB, tapi yang kita sampaikan bagaimana kita mereduksinya. Sama dengan perguruan tinggi kami tidak pernah merilis jumlah perguruan tinggi sekian, semua ada tapi tebal tipisnya berbeda-beda," ucapnya.

Sudding lantas memastikan apakah data dari pernyataan itu tidak tepat. Suhardi menjawab bahwa data itu tidak akurat.

"Tidak akurat pak. Tidak ada data sama sekali, mungkin bapak bisa tanya sama mabes TNI," jawabnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Dirut Petrokimia Gresik terkait Suap Jasa Pelayaran

Posted: 20 Nov 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Rahmat Pribadi dalam kasus dugaan suap jasa angkut bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) dengan PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK).

Rahmat rencananya akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Direktur PT HTK Taufik Agustono (TAG).

"Yang bersangkutan (Rahmat Pribadi) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TAG," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (21/11/2019).

Dalam kasus ini, KPK menjerat Direktur PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Taufik Agustono sebagai tersangka kasus suap jasa angkut bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) dengan PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK).

Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari kegiatan tangkap tangan pada 28 Maret 2019 yang menjerat mantan anggota DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso, Indung, serta Marketing Manager PT HTK Asty Winasti.

Menurut KPK, PT HTK memiliki kontrak pengangkutan dengan cucu perusahaan PT Petrokimia Gresik selama tahun 2013-2018. Pada tahun 2015, kontrak ini dihentikan karena membutuhkan kapal dengan kapasitas yang lebih besar, yang tidak dimiliki oleh PT HTK.

 

 

Minta Bantuan Bowo Sidik

Mantan anggota DPR Bowo Sidik Pangarso tiba untuk pemeriksaan  di gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Bowo Sidik diperiksa terkait pengembangan kasus suap kerja sama pengangkutan bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Terdapat upaya agar kapal-kapal PT HTK dapat digunakan kembali. Untuk merealisasikan hal tersebut, pihak PT HTK meminta bantuan Bowo Sidik. Bowo kemudian bertemu dengan anak buah Taufik, Asty Winanty.

Hasil pertemuannya dengan Bowo yakni mengatur sedemikian rupa agar PT HTK tidak kehilangan pasar penyewaan kapal.

Dalam proses tersebut, kemudian Bowo Sidik meminta sejumlah fee. Kemudian Taufik sebagai Direktur PT HTK, membahasnya dengan internal manajemen dan menyanggupi sejumlah fee untuk Bowo.

Pada tanggal 26 Februari 2019 dilakukan MoU antara PT PILOG dengan PT HTK, yang salah satu materi MoUnya adalah pengangkutan kapal milik PT HTK. Setelah adanya MoU tersebut, disepakati untuk pemberian fee dari PT HTK kepada Bowo.

Kemudian Bowo meminta kepada PT HTK untuk membayar uang muka Rp 1 miliar atas telah ditandatanganinya MoU itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Cara Membuat Presentasi yang Baik dan Menarik, Lebih Efektif

Posted: 20 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat presentasi  yang baik tentunya harus diketahui oleh semua orang. Apalagi kemampuan presentasi yang mumpuni diperlukan baik di dunia pendidikan maupun dunia kerja. Presentasi yang menarik dan juga efektif dibutuhkan untuk menarik minat orang yang menyaksikan kamu.

Biasanya presentasi dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti PowerPoint. Tampilan Powerpoint yang menarik menjadi salah satu daya tarik utama untuk siapa pun. Hal ini tentu berlaku baik di dunia pendidikan maupun dunia kerja.

Cara membuat presentasi yang baik dilakukan dengan menggabungkan teks dan gambar yang menarik. Memperhatikan kenyamanan dan kemudahan audiens menjadi prioritas utama, sehingga presentasi kamu bernilai baik dan memiliki daya tarik tersendiri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Microsoft, Kamis (21/11/2019) tentang cara membuat presentasi yang baik

Meminimalkan Jumlah Slide dan Pilih Font yang Mudah Dibaca Audiens

Ilustrasi presentasi (Alex Litvin/Unsplash.com)

Meminimalkan Jumlah Slide.

Cara membuat presentasi yang baik dan menarik tentunya harus efektif dalam penyampaianya. Untuk mempertahankan pesan yang jelas dan membuat audiens tetap penuh perhatian dan tertarik, pertahankan jumlah slide dalam presentasi kamu seminimal mungkin. 

Penyampaian dan penjelasan yang kamu berikan menjadi faktor yang sangat penting dalam hal ini. Kemampuan menarik minat audiens dibutuhkan untuk membuat presentasi kamu berhasil memikat banyak orang.

Pilih Font yang Mudah Dibaca Audiens

Selanjutnya, kamu harus bisa memilih font yang mudah dibaca oleh audiens. Memilih gaya font yang tepat, seperti Helvetica atau Arial, membantu menyampaikan pesan yang kamu bawakan dalam presentasi.

Hindari font yang sempit, seperti Arial menyempit, dan menghindari font yang menyertakan tepi mewah, seperti kali. Kamu juga harus memperhatikan apakah font yang kamu pilih bisa dibaca dari jarak yang jauh.

Ukuran Font dan Teks Sederhana

Ilustrasi presentasi (Sumber: Pexels)

Pilih Ukuran Font yang Dapat Dibaca Audiens dari Kejauhan.

Sama seperti pemilihan font, ukuran font juga memiliki peranan yang sangat penting sebagai cara membuat presentasi yang baik. Memilih ukuran font yang tepat membantu menyampaikan pesan dari presentasi kamu.

Dirangkum dari Microsoft, kamu bisa berpatokan pada pengukuran berikut dalam menentukan ukuran font di layar komputer. Sebelumnya kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu mode layar penuh pada tab tampilan, lalu dalam grup tampilan presentasi, klik peragaan slide.

- Huruf satu inci dapat dibaca dari 10 kaki.

- Huruf dua inci dapat dibaca dari 20 kaki.

- Huruf tiga inci dapat dibaca dari 30 kaki.

Pengukuran tersebut menunjukkan ukuran font pada layar komputer kamu, bukan saat diproyeksikan pada layar untuk audiens dalam mode layar penuh.

Membuat Teks Tetap Sederhana dengan Menggunakan Poin atau Kalimat Singkat.

Cara membuat presentasi yang baik selanjutnya adalah membuat poin dan kalimat singkat saja. Gunakan poin atau kalimat singkat, dan cobalah untuk mempertahankan masing-masing satu baris artinya, tanpa kalimat-kalimat teks yang panjang.

Salah satu cara membuat presentasi yang baik ini bertujuan agar audiens mendengarkan kamu dalam menyampaikan informasi, dan tidak terlalu berfokus ke layar monitor. Kalimat yang panjang tentunya menganggu konsentrasi audiens dari mendengarkan kamu karena membaca kalimat di slide presentasi.

Menggunakan Grafik dan Membuat Label

Ilustrasi presentasi (Sumber: Pexels)

Menggunakan Grafik Dalam Membantu Menyampaikan Pesan Presentasi.

Selanjutnya, kamu juga bisa memasukkan berbagai grafik art guna membantu menyampaikan presentasi. Cara membuat presentasi yang baik satu ini bisa digunakan grafik untuk membantu bercerita. Hal ini sangat baik untuk menarik minat audiens pada presentasi kamu.

Namun jangan membebani audiens dengan menambahkan terlalu banyak grafik ke slide. Hal ini tentunya membuat presentasi kamu menjadi membosankan.

Membuat Label untuk Bagan dan Grafik Agar Mudah Dimengerti.

Selanjutnya, supaya presentasi kamu lebih mudah dimengerti, kamu bisa menggunakan teks yang cukup untuk membuat elemen label dalam bagan atau grafik dipahami. Dengan begitu, tidak hanya menarik, presentasi kamu juga akan lebih efektif tersampaikan kepada para audiens.

Pemilihan Warna Latar Belakang dan Teks

Ilustrasi presentasi (Sumber: Pexels)

Membuat Latar Belakang Slide Tetap Halus dan Konsisten.

Cara membuat presentasi yang baik selanjutnya adalah membuat latar belakang slide tetap halus dan konsisten. Hal ini dilakukan agar audiens lebih nyaman melihat presentasimu. Namun jangan pilih yang terlalu mencolok agar tidak mengaburkan pesan presentasimu.

Pilih templat yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian. Kamu tentunya tidak ingin latar belakang atau desain malah mengalihkan pesan presentasi.

Menggunakan Kontras Tinggi antara Warna Latar Belakang dan Warna Teks.

Masih seputar warna dan latar belakang, kamu bisa menggunakan kontras tinggi antara warna latar belakang dan warna teks. Tema secara otomatis mengatur kontras antara latar belakang yang terang dengan teks berwarna gelap atau latar belakang gelap dengan teks berwarna terang. Hal ini sangat penting dalam cara membuat presentasi yang baik agar audiens tidak merasa terganggu saat melihat slide presentasi.

Memeriksa Ejaan dan Tata Bahasa.

Selanjutnya, untuk mendapatkan dan mempertahankan rasa hormat dari audiens, selalu periksa ejaan dan tata bahasa dalam presentasi kamu. Hal ini kerap kali dianggap sepele, padahal adanya kesalahan kecil seperti ini sering sekali diperhatikan oleh audiens.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Basuki Geram Anak Buahnya Kurang Ramah Layani Investor

Posted: 20 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku kesal lantaran pegawainya kurang melayani investor dengan baik.

Itu dikatakannya pada acara Market Sounding Empat Proyek Tol kepada investor di Gedung Auditorium Kementerian PUPR pagi ini di Jakarta.

"Mestinya para investor duduk di depan. Kalau bicaranya APBN tidak apa-apa pejabat di depan, pagi ini kan mau layani investor," tuturnya di Gedung PUPR, Jumat (21/11/2019).

Basuki geram sebab pejabat kementeriannya duduk di barisan depan. Sedangkan para investor tampak duduk di barisan setelahnya.

"Mindset yang harus kita ubah, kita melaksanakan APBN juga kita melayani investor," ujarnya.

Untuk investor, Menteri Basuki berpesan agar mereka mau melaporkan proses regulasi yang dirasa masih menyulitkan transaksi berinvestasi di tanah air.

"Jika ada regulasi yang menghambat, bilang. Maka nanti kita coba lihat untuk lakukan relaksasi," tegasnya.

Mulai 1 Januari 2020, BKPM akan Layani Calon Investor Seperti Raja

Sejumlah konsumen menunggu di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berencana menerapkan strategi berbeda terkait pelayanan untuk menggaet investor baik asing maupun lokal.

Para calon investor akan diberi layanan bak raja, mulai dari jemputan di bandara dengan mobil mewah, jamuan makan hingga diantar sampai ke hotel tempat menginap.

Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan hal ini untuk memastikan layanan bagi investor benar-benar maksimal, tidak seperti yang selama ini kerap dikeluhkan calon investor. Layanan ini akan mulai diterapkan per 1 Januari 2020 mendatang.

"Saya wacanakan 2020, setiap investasi mau masuk, dari asing maupun dalam negeri kalau benar mau investasi, kita jemput di airport. Kasih karpet merah. Misal dari Sulteng mau ke BKPM pusat, dia telepon dia butuh a b c d, nanti ada satgas internal jemput di airport ditunjukin ke hotelnya," kata dia, di Hotel ShangriLa, Jakarta, Senin (18/11/2019).

"Kita ajak makan, makan gratis, antar gratis, hotel bayar sendiri. Haha. Ini memastikan strategi pelayanan yang selama ini mereka keluhkan," dia menambahkan.

Namun, jika ingin memperoleh layanan bak raja tersebut, investor harus memberi kabar terlebih dahulu minimal H-3 sebelum hari kedatangan.

"Pelayanan ini kepada teman-teman baik investor asing maupun dalam negeri yang mau ke Jakarta untuk melakukan koordinasi dengan BKPM cukup kasih tahu saja H-3 atau H-4 nanti kami umumkan secara resmi. Nanti kita jemput di airport, untuk memuaskan mereka, investor ini kan raja sekarang. Kita harus melayani mereka seperti raja," ujarnya.

Hal seperti ini, kata dia, telah diterapkan di Jawa Tengah saat menyambut calon investor yang ingin melakukan relokasi pabrik dari Shandong China ke daerah tersebut.

"Jateng tuh ada 53 perusahaan relokasi dari Shandong. Turun pesawat dijemput, ke jateng ditemani. Busnya kita bayar. Kita mau pastikan, selama ini dianggap BKPM atau Indonesia gak ramah investasi. Kita ubah itu," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Kepala BKPM: Indonesia Belum Jadi Surga Investasi

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan paparan saat diskusi panel V Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Rabu (13/11/2019). Panel V itu membahas penyederhanaan regulasi dan reformasi birokrasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Iklim investasi Indonesia masih kalah dibanding negara tetangga, yaitu Vietnam. Di tengah gejolak ekonomi global akibat trade war atau perang dagang, Vietnam mampu meraup keuntungan dari relokasi pabrik China. Lalu kenapa Indonesia tidak bisa?

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, situasi global sedang bergejolak. Namun, Indonesia belum mampu meraih manfaat dari situasi itu, utamanya untuk investasi.

"Negara kita belum menjadi surga bagi investasi, sehingga larinya ke Vietnam," kata dia dalam acara diskusi di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (18/11).

Bahlil mengatakan, kondisi global yang sedang bergejolak tak selamanya merugikan. Namun justru membawa untung bagi Indonesia. Pasalnya, destinasi-destinasi investasi dunia sedang bergolak saat ini di berbagai belahan dunia.

"Amerika Latin ada gejolak Evo Morales, di Eropa ada ketidakpastian, ada masalah Brexit. Di Asia ada masalah Hongkong, di China ada perang dagang dengan Amerika. Ekspor akhirnya bermasalah. Tetapi ini kabar baik bagi investasi. Banyak yang lari dari negara-negara itu,"ujarnya.

Sayangnya, ujar Bahlil, banyak investor yang lari ke Vietnam. "Ada apa dengan kita?" ujar Bahlil.

Padahal, sebanyak 44 persen pasar ASEAN ada di Indonesia dari total 600 juta penduduk ASEAN. Bahlil mengatakan, hal ini disebabkan kemudahan memulai bisnis di Indonesia masih sangat berat. "Kemudahan berbisnis kita masih kalah dari Vietnam. Ini KPI (Key Performance Indicator) pertama kita ke depan,"ucap Bahlil.

Bahlil menambahkan, saat ini sebanyak 24 perusahaan siap berinvestasi sebesar Rp 708 triliun ke Indonesia. Perusahaan tersebut siap masuk ke berbagai sektor usaha. Namun, investasi tersebut hanya berakhir pada level komitmen. Sebab, hambatan berinvestasi di Indonesia terlalu besar.

"Dengan rumitnya regulasi sektoral, berbelit-belit, membuat banyak investor ini balik badan kembali ke negaranya masing-masing. Dia bertahun-tahun susah dapat selembar surat. Jangankan pengusaha luar, investor dalam negeri pun bisa lari," ucap Bahlil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMK Jawa Timur 2020 Ditetapkan, Surabaya Tertinggi dan Magetan Terendah

Posted: 20 Nov 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa  Timur (Jatim) telah menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2020 pada Rabu, 20 November 2019. Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, Surabaya mencatatkan UMK tertinggi, sedangkan terendah di Magetan.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menetapkan UMK 2020 ini dengan sejumlah pertimbangan antara lain Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 15 Tahun 2018 tentang upah minimum.

Selain itu, inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional juga menjadi variabel menentukan kenaikan UMK yang mencapai 8,51 persen dari UMK tahun sebelumnya.

"Alhamdulilah hari ini kita bisa menetapkan besaran UMK 2020. Memang ada beberapa daerah yang harus melakukan revisi, karena kenaikannya di atas peraturan menteri," kata Khofifah, Rabu, 20 November 2019.

Khofifah ingin kenaikan itu disikapi bijak oleh semua elemen terkait baik pengusaha, pekerja dan pemerintah daerah.

"Semoga kenaikan ini berdampak positif pada kesejahteraan pekerja di Jawa Timur," ujar dia.

Dengan ditetapkannya UMK 2020 di Jawa Timur, besaran UMK 2020 tertinggi di Surabaya yang mencapai Rp 4.200.479,19 dan terendah di Kabupaten Magetan Rp 1.913.321,73.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Jatim (Apindo), Johnson mendukung dan menyepakati kenaikan UMK 2020 sebesar 8,51 persen. Meski berat, Apindo akan melaksanakan keputusan tersebut.

"Meski berat namun Apindo tetap akan melaksanakan keputusan tersebut. Terima kasih Pemprov Jatim yang telah banyak membantu Apindo dalam menjembatani dialog dengan pekerja terkait dengan UMK 2020 mendatang," ujar Johnson. 

Berikut Besaran UMK 2020 di Jawa Timur

Ribuan buruh berjalan menuju bundaran Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/10/2015). Aksi tersebut menimbulkan kemacetan lalu lintas kendaraan di sekitar kawasan Istana Negara. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Berikut besaran UMK 2020:

Adapun besaran UMK 2020 di Jawa Timur antara lain:

1.Kota Surabaya Rp 4.200.479,19

2. Kab Gresik Rp 4.197.030,51

3.Kab. Sidoarjo Rp 4.193.581,85

4.Kab Pasuruan Rp 4.190.133,19

5.Kab Mojokerto Rp 4.179.787,17

6.Kab Malang Rp 3.018.530,66

7. Kota Malang Rp 2.895.502,94

8. Kota Batu Rp 2.794.800,00

9. Kota Pasuruan Rp 2.794.801,19

10. Kab Jombang Rp 2.654.095,87

11.Kab Tuban Rp 2.532.234,77

12. Kab. Probolinggo Rp 2.503.265,94

13. Kab. Mojokerto Rp 2.456.302,97

14. Kab Lamongan Rp 2.423.724,77

15. Kab. Jember Rp 2.355.662,90

16. Kota Probolinggo Rp 2.319.796,15

Selanjutnya

Ribuan buruh dari berbagai elemen melakukan longmarch menuju depan Istana Negara, Jakarta, Kamis (29/9). Dalam aksinya mereka menolak Tax Amnesty serta menaikan upah minumum provinsi (UMP) sebesar Rp650 ribu per bulan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

17. Kab. Banyuwangi Rp 2.314.278,87

18. Kota Kediri Rp 2.060.925,00

19. Kab Bojonegoro Rp 2.016.780,00

20. Kab Kediri Rp 2.008.504,16

21. Kab Lumajang Rp 1.982.295,10

22. Kab Tulungagung Rp 1.958.844,16

23. Kab Bondowoso Rp 1.954.705,75

24. Kab Bangkalan Rp 1.954.705,75

25. Kab. Nganjuk Rp 1.954.705,75

26. Kab Blitar Rp 1.954.705,75

27. Kab Sumenep Rp 1.954.705,75

28. Kota Madiun Rp 1.954.705,75

29. Kota Blitar Rp 1.954.635,76

30. Kab Sampang Rp 1.913.321,73

31. Kab Situbondo Rp 1.913.321,73

32. Kab Pamekasan Rp 1.913.321,73

33. Kab Madiun Rp 1.913.321,73

34. Kab Ngawi Rp 1.913.321,73

35. Kab Ponorogo Rp 1.913.321,73

36. Kab Pacitan Rp 1.913.321,73

37. Kab Trenggalek Rp 1.913.321,73

38. Kab Magetan Rp 1.913.321,73

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsul PPP: Kabarnya Jokowi Tunjuk Anak Chairul Tanjung Jadi Staf Khusus Presiden

Posted: 20 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Staf Khusus (Stafsus) untuk presiden. Sosok yang disebut-sebut akan menduduki posisi itu adalah putri pengusaha terkenal Chairul Tanjung, yakni, Putri Indahsari Tanjung atau Putri Tanjung.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani. Menurutnya, memang ada salah satu anak dari Chairul Tanjung yang akan menjabat sebagai Staf Khusus Jokowi.

"Saya tidak mendengar secara jelas tapi kabar-kabarnya ada anaknya Pak Chairul Tanjung juga. Ya kita ucapkan selamat lah kepada anak-anak muda kita yang nanti jadi stafsus presiden," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11).

Arsul mengatakan, Jokowi tidak mengucapkan secara gamblang alasan Jokowi pilih stafsus perempuan dan milenial. Namun, kata dia, Jokowi memang ingin beberapa jabatan diisi seperti itu.

"Beliau memang ingin menyiapkan setelah periode beliau anak-anak muda siap tampil pimpin pemerintahan, barangkali dalam konteks yang lebih besar memimpin negara. Barangkali beliau juga melihat PM Kanada Trudeau, Macron, itu kan muda-muda," ujarnya.

 

Diisi Milenial

Dia menjelaskan, saat ini memang Jokowi ingin jajarannya diisi oleh milenial. Termasuk para calon duta besar yang berasal dari partai politik.

"Bahkan terus terang calon-calon dubes yg juga sebagian akan diisi parpol, beliay juga menyampaikan mbok yang milenial," ungkapnya.

Pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua MPR ini juga belum mengetahui berapa jumlah yang staf khusus yang akan dilantik presiden. Tetapi dia yakin, masalah jumlah tergantung kebutuhan Jokowi sebagai presiden.

"Soal jumlah saya belum tau persis tapi beliausaya kira sedang menggodok. Kalau jumlah stafsus kan tergantung kebutuhan beliau, bisa bertambah bisa berkurang juga dari periode kemarin," ucapnya.

 

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dody Wahyudi dan Hartoyo Jalani Pemeriksaan Lanjutan di KPK

Posted: 20 Nov 2019 09:05 PM PST

Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Dody Wahyudi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dody Wahyudi diperiksa terkait suap izin kuota impor 20 ribu ton bawang putih dari Kementerian Perdagangan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Dody Wahyudi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dody Wahyudi diperiksa terkait suap izin kuota impor 20 ribu ton bawang putih dari Kementerian Perdagangan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Dody Wahyudi (depan) dan Direktur PT Harlis Tata Tahta Hartoyo (belakang) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dody diperiksa terkait suap izin kuota impor bawang putih dan Hartoyo proyek pengadaan jalan di Kalimantan Timur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Dody Wahyudi (depan) dan Direktur PT Harlis Tata Tahta Hartoyo (belakang) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dody diperiksa terkait suap izin kuota impor bawang putih dan Hartoyo proyek pengadaan jalan di Kalimantan Timur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Dody Wahyudi (depan) dan Direktur PT Harlis Tata Tahta Hartoyo (belakang) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dody diperiksa terkait suap izin kuota impor bawang putih dan Hartoyo proyek pengadaan jalan di Kalimantan Timur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Dody Wahyudi (depan) dan Direktur PT Harlis Tata Tahta Hartoyo (belakang) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dody diperiksa terkait suap izin kuota impor bawang putih dan Hartoyo proyek pengadaan jalan di Kalimantan Timur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Dody Wahyudi (depan) dan Direktur PT Harlis Tata Tahta Hartoyo (belakang) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dody diperiksa terkait suap izin kuota impor bawang putih dan Hartoyo proyek pengadaan jalan di Kalimantan Timur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Dody Wahyudi (depan) dan Direktur PT Harlis Tata Tahta Hartoyo (belakang) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dody diperiksa terkait suap izin kuota impor bawang putih dan Hartoyo proyek pengadaan jalan di Kalimantan Timur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Harlis Tata Tahta Hartoyo tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Hartoyo diperiksa terkait suap proyek pengadaan jalan di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2018-2019.(merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur PT Harlis Tata Tahta Hartoyo tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Hartoyo diperiksa terkait suap proyek pengadaan jalan di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2018-2019.(merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: