Minggu, 10 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


7 Momen Baby Shower Paula Verhoeven, Dapat Kejutan dari Sahabat

Posted: 10 Nov 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong dan Paula Verhoeven tengah merasakan kebahagiaan. Pasangan yang menikah pada 2018 lalu ini sedang menanti kelahiran buah hati pertamanya. Sebelumnya istri Baim Wong tersebut sudah mengumumkan kehamilan melalui media sosial pada Mei lalu.

Kini, usia kandungan Paula Verhoeven sudah memasuki minggu ke 32 alias 8 bulan. Dengan kata lain, sekitar satu bulan lagi Baim Wong dan Paula Verhoeven akan segera menyandang status orangtua.

Keduanya pun terlihat sangat antusias dan tidak sabar bertemu sang bayi dalam kandungan. Kehamilan Paula Verhoeven juga disambut bahagia oleh para sahabat. Bahkan Para sahabatnya termasuk Nadine Chandrawinata menyiapkan kejutan bridal shower untuk model berusia 32 tahun ini.

Baby shower Paula Verhoeven berlangsung seru dan meriah. Acara tesebut digelar di salah satu hotel mewah di Jakarta, baby shower Paula bernuansa monokrom. Selain makan-makan dan foto bersama, Paula Verhoeven juga diminta untuk berlatih langsung menjadi seorang ibu. Model berusia 32 tahun tersebut diberi boneka bayi, kemudian ia disuruh mengganti popok boneka bayi itu.

Dalam acara baby shower ini Paula dan Baim Wong mengenakan busana dengan warna senada. Sementara para sahabatnya kompak menggunakan baju berwarna putih. Berikut, momen baby shower Paula Verhoeven dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019).

1. Baby Shower Paula Verhoeven bernuansa monokrom. Baim dan Paula kompak mengenakan busana warna hitam, sementara sahabatnya menggunakan pakaian berwarna putih.

Paula Verhoeven (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

2. Baby shower Paula berlangsung meriah, acara tersebut digelar di salah satu hotel mewah di Jakarta.

Paula Verhoeven (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

3. Kehamilan Paula Verhoeven juga disambut bahagia oleh para sahabat. Bahkan mereka memberi kejutan baby shower pada Paula.

Paula Verhoeven (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

4. Acara baby shower Paula sekaligus menjadi ajang kumpul dan silatuhrami.

Paula Verhoeven (Sumber: Instagram/@nadinelist)

5. Rekan model Paula Verhoeven juga terlihat antusias dengan kehamilan sahabatnya.

Paula Verhoeven (Sumber: Instagram/@advinadvina)

6. Baby Shower istri Baim Wong ini dihadiri selebriti, model hingga pengusaha muda.

Paula Verhoeven (Sumber: Instagram/@lunarose22)

7. Paula Verhoeven juga diminta untuk berlatih langsung menjadi seorang ibu.

View this post on Instagram

Yeay surprise berhasilll 🤗❤

A post shared by Bapau Family (@baimpaula_lovers) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KAI Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun, Untuk Apa?

Posted: 10 Nov 2019 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerbitkan obligasi ke II 2019 dengan target dana yang terkumpul mencapai Rp 2 triliun. Rencananya, dana obligasi dipakai untuk membayar utang dan pengadaan prasarana baru.

Direktur Keuangn Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo mengatakan, Rp 1,2 trilliun dana yang dihimpun dari obligasi ‎akan dialokasikan untuk membayar utang ke perbankan, pembayaran tersebut untuk mengurangi utang jangka pendek perseroan.

"Kenapa obligasi, kalau kita lihat sepanjang perjalanan KAI sampai 2016 sumber utamanya perbankan, baru diperkembangkan alternatif sifat jangka panjang baru kita terbitkan obligasi 2017. Obligasi (2019) kami refinacing ke perbankan Rp 1,2 triliun," kata Didiek, di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Untuk sisa dana yang diperoleh dari obligasi 2019, yaitu Rp 800 miliar akan dialokasikan untuk pengadaan sarana baru, yaitu membeli kereta baru menggantikan kereta yang usianya sudah tua. ‎

Sampai dengan Oktober 2019, terdapat 672 kereta yang usianya di atas 30 tahun. Adapun kereta-kereta tersebut berupa kereta penumpang, kereta makan, kereta bagasi dan kereta pembangkit.

Untuk titik utama pembaharuan sarana adalah melakukan repowering, yaitu peningkatan daya sarana kereta api. Repowering ini meliputi pekerjaan penggantian mesin kereta penumpang, gerbong barang, pembaruan lokomotif, kereta rel diesel dan lainnya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi serta peningkatan layanan baik untuk angkutan penumpang maupun barang.

Obligasi ini mendapatkan peringkat idAAA (Triple A; Stable Outlook) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia. Obligasi terbagi menjadi 2 seri di mana Seri A berjangka waktu 5 tahun dengan indikasi tingkat kupon Obligasi 7,45 persen-8,10 persen per tahun, Seri B berjangka waktu 7 tahun dengan indikasi tingkat kupon Obligasi 7,80 persen 8,50 persen per tahun.

Bunga Obligasi dibayarkan triwulan 30/360, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing Bunga Obligasi; "KAI optimistis Penawaran Umum ini akan sukses seperti yang sebelumnya," tandasnya.

Mulai 1 Desember 2019 Jadwal Perjalanan KA Alami Perubahan

Mekanik KAI melakukan perbaikan sebuah lokomotif di Dipo Lokomotif Jatinegara, Jakarta.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mulai 1 Desember 2019 sebagian perjalanan KA akan mengalami perubahan jadwal keberangkatan. Hal tersebut dikarenakan KAI akan menggunakan Grafik Perjalanan KA 2019 yang telah ditetapkan melalui  Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

"Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI," ujar Diretur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangannya, Kamis (31/10/2019).

Edi menegaskan, Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

Penggunaan Gapeka 2019 ini akan mempengaruhi jadwal perjalanan KA, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi KA, dan hadirnya KA-KA baru.

Edi menambahkan bahwa masyarakat bisa memesan tiket pada tanggal 1 November 2019 untuk keberangkatan tgl 1 Desember 2019 dan  seterusnya secara bertahap di semua kanal pembelian.

"Saya mengimbau kepada calon penumpang KA dengan keberangkatan 1 Desember 2019 dan seterusnya agar memerhatikan lagi jadwal yang tertera di tiket. Tujuannya agar tidak tertinggal kereta karena sudah diberlakukannya Gapeka 2019," ujar Dirut KAI.

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Penggantian Gapeka ini dilakukan karena sejak 2017 terjadi begitu banyak perkembangan perkeretaapian seperti, pengoperasian Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa dan Sumatera, Penambahan Lintas Baru seperti LRT Sumatera Selatan, Penambahan Stasiun, penambahan kecepatan prasarana, dan penetapan perjalanan KA baru.

"KAI selalu berorientasi kepada kepuasan pelanggan dalam menentukan kebijakan perusahaan. Melalui Gapeka 2019, kami berharap semakin banyak lagi masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api," tutup Edi.

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Venny Chandra Istri Edric Tjandra Saat Pamer Baby Bump

Posted: 10 Nov 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktor, pelawak sekaligus presenter Edric Tjandra sebentar lagi akan menjadi seorang ayah. Pria kelahiran 28 Februari 1985 ini bersama sang istri tengah menanti kehadiran buah hatinya. Pria berdarah Tionghoa ini menikah dengan wanita bernama Venny Chandra pada 18 Januari 2019 lalu.

Setelah menjalani prosesi lamaran dan tunangan yang digelar di Surabaya pada Sabtu (12/1/2019) lalu, Edric Tjandra melakukan pemberkatan yang berlangsung di Enternitu Chapel, Nusa Dua, Bali. Selang 4 bulan pernikahan, venny dikabarkan mengandung anak pertama mereka.

Kini, perut Venny pun semakin besar seiring mendekati usia kelahiran. Menyambut kehadiran anak pertama mereka, Edric dan Venny pun tak ingin melewatkan momen bahagia ini. Beberapa foto romantis diunggah oleh Edric lewat laman akun Instargam miliknya. 

Kompak gunakan outift abu-abu, pasangan ini berjalan bersama di pinggiran pantai. Mengenakan gaun panjang polos, Venny tampak memesona dengan ditemani sang suami. 

Penasaran dengan momen bahagia pasangan ini? Berikut 6 potret Venny Chandra, istri Edric Tjandra saat pamer baby bump dirangkum dari Instagram @edrictjandra oleh Liputan6.com, Senin (11/11/2019). 

1. Momen bahagia ini diunggah oleh Edric Tjandra saat istrinya tengah hamil besar.

Pesona istri Edric Tjandra, Venny Chandra, saat pamer baby bump. (Sumber: Instagram/@edrictjandra)

2. Keduanya terlihat romantis di pinggir pantai sembari bergandengan tangan.

Pesona istri Edric Tjandra, Venny Chandra, saat pamer baby bump. (Sumber: Instagram/@edrictjandra)

3. Edric Tjandra dan Venny sebentar lagi akan menjadi orangtua.

Pesona istri Edric Tjandra, Venny Chandra, saat pamer baby bump. (Sumber: Instagram/@edrictjandra)

4. Edric Tjandra memang cukup sering mengunggah foto romantis bersama istrinya.

Pesona istri Edric Tjandra, Venny Chandra, saat pamer baby bump. (Sumber: Instagram/@edrictjandra)

5. Serasi banget ya pasangan ini.

Pesona istri Edric Tjandra, Venny Chandra, saat pamer baby bump. (Sumber: Instagram/@edrictjandra)

6. Venny sukses bikin netizen turut bahagia lantaran semakin tampil memesona di kehamilan pertamanya.

Pesona istri Edric Tjandra, Venny Chandra, saat pamer baby bump. (Sumber: Instagram/@edrictjandra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Daftar CPNS 2019 Kemkominfo

Posted: 10 Nov 2019 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah resmi membuka seleksi calon pegawai negeri (CPNS) 2019. Ada 581 formasi yang Kemkominfo buka untuk tahun ini.

Dikutip dari situs resmi Kemkominfo, Senin (11/11/2019), pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional.

Untuk mendapatkan username dan password, pelamar perlu menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Pendaftaran CPNS 2019 dibuka mulai 11 November 2019 hingga 24 November 2019 pukul 23.59 WIB. Setelah itu, pada 13 November 2019 sampai 12 Desember 2019 akan dilakukan verifikasi berkas.

Pengumuman hasil seleksi administrasi akan berlangsung pada 16 Desember 2019. Pelamar diberi masa sanggah selama tiga hari, mulai 16 hingga 18 Desember 2019, lalu diumumkan pada 26 Desember 2019.

Kemudian pengumuman pelaksaaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 akan digelar pada Januari 2020 dengan jadwal menyusul. Sementara pelaksanaan SKD diadakan pada Februari 2020.

Pada Maret 2020, akan diumumkan hasil SKD dan diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang. Terakhir, integrasi nilai SKD dan SKB termasuk pengumuman kelulusan akhir dilakukan pada April 2020.

Tahapan Seleksi CPNS 2019 Kemkominfo

Banner Infografis Formasi Penerimaan CPNS 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Bagi kamu yang tertarik melamar di Kemkominfo, ada tiga tahap seleksi yang akan dilakukan. Berikut ini adalah tiga tahap seleksi CPNS 2019 untuk Kemkominfo

1. Seleksi Administrasi

Dalam tahap ini, pelamar akan diseleksi untuk memastikan syarat dan formasi yang dipilihnya. Khusus pelamar penyandang disabilitas akan diundang terlebih dulu untuk memastikan kesesuaian formasi dengan jenis dan derajat disabilitasnya.

2. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi ini menggunakan Computer Assited Test (CAT) dengan bobot 40 persen yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.

3. Seleksi Kompetensi Bidang

Seleksi ini memiliki bobot 60 persen dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), psikotes, termasuk wawancara wawasan kebangsaan. Sementara persyaratan lengkap untuk mengikuti CPNS 2019 Kemkominfo dapat dilihat dari situs resminya.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Claudia, Gadis Cirebon Pemenang The Voice of Germany 2019

Posted: 10 Nov 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gadis asal Cirebon, Claudia Emmanuela Santoso toreh prestasi. Pasalnya ia telah menjuarai ajang pencarian bakat The Voice of Germany.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Selvi Anda Jelang Melahirkan Anak ke-2

Posted: 10 Nov 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan sedang menyelimuti Gibran Rakabuming Raka atau Gibran. Istri tercintanya Selvi Ananda, akan melahirkan anak kedua mereka.

Dalam sebuah foto yang diunggah akun @janethes_story, Senin (11/11/2019), Selvi terlihat sedang didampingi Gibran dan seorang dokter perempuan.

Namun, dalam foto itu tak dijelaskan di mana menantu Presiden Joko Widodo itu akan melahirkan. "menunggu lahiran adeknya mas ethes masih menjadi hobbyku," tulis akun tersebut.

Dalam foto itu Selvi yang mengenakan kaus panjang putih tampak tersenyum saat foto bersama. Tangan kanannya tampak memegang tas merah.

Di sebelah kirinya, Gibran yang mengenakan baju motif batik tersenyum tipis. Tangan kanannya memegangi tangan kirinya. Ia mengenakan celana dan sepatu hitam.

Di sebelah kanan Selvi Ananda berdiri seorang perempuan yang mengenakan blazer putih. Papan nama warna hitam terlihat di kanan pakaiannya itu.

Tebakan Warganet

Selvi Ananda yang sedang hamil tua sedang berburu kuliner di Traditional Dessert Festival bersama dengan Gibran dan putranya Jan Ethes.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Warganet ramai mengomentari foto tersebut, mereka mendoakan agar persalinan Selvi Ananda berjalan lancar. Ada beberapa warganet yang penasaran dengan anak kedua Selvi, laki-laki atau perempuan.

"Kayanya adiknya mas Ethes cowok nih.....nebak qja sihhhh 😂," komentar @yessicagueh.

"Waduh, keg-nya cowo lagi nih dedeknya Ethes...😗," tebak @juwi357.

"Masya Allah cantik bngttttt, Semoga selalu sehat ibu Dan baby nya lancar persalinan nya," harap @sarahsarahhanifah.

Selvi Ananda sempat mengungkapkan bahwa usia kehamilannya sudah memasuki trimester terakhir, tepatnya telah memasuki enam bulan pada Agustus 2019.

"Ini udah trimester terakhir, udah enam bulan, minta doanya semoga lancar, sehat ibu sama anaknya, amin," jawab Selvi Ananda.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andalkan Cina, Volkswagen Incar Produksi 22 Juta Mobil Listrik di Dunia

Posted: 10 Nov 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen sepertinya serius untuk terjun di pasar kendaraan ramah lingkungan. Bahkan, pabrik SAIC-Volkswagen di Anting, Cina, yang akan dijadikan fasilitas perakitan mobil listrik sudah selesai dibangun.

Dilansir Paultan, Senin (11/11/2019), pabrik di Negeri Tirai Bambu ini sudah melakukan pra produksi untuk mobil listrik Modular Electric Drive Matrix (MEB). Sedangkan untuk produksi mobil listrik penuhnya, yaitu Volkswagen ID bakal dilakukan Oktober tahun depan.

"Volkswagen memproyeksikan total volume 22 juta mobil listrik di dunia pada 2028, dan lebih dari 50 persennya akan berasal dari Cina. Negara ini memainkan peran penting dalam strategi elektrifikasi kami, yang akan membuka jalan ke tujuan Volkswagen untuk menjadi net-neutral karbon pada 2050," ujar ketua Volkswagen, Herbert Diess.

Dimulainya pabrik di Cina hanya beberapa hari setelah manufaktur ID.3 global dimulai di Zwickau, Jerman. Sebuah manufaktur yang telah menghabiskan investasi sebesar 1,2 miliar euro, dan dijadwalkan untuk memproduksi 100.000 kendaraan listrik tahun depan.

Meskipun pabrik di Anting, Cina ini akan memproduksi mobil listrik dengan basis MEB khusus untuk dalam negeri. Namun, fasilitas ini juga akan memproduksi mobil lisrik berbasis MEB dari merek lain di dalam grup Volkswagen. Sementara itu, pabrik ini juga akan meningkatkan produksinya hingga 15 model MEB dari berbagai merek pada 2025.

Volkswagen Golf Tidak Dijual untuk Sementara Waktu, Ada Apa?

Volkswagen (VW) resmi meluncurkan Golf MK8 secara global. Meski sudah mengaspal, pecinta otomotif di Indonesia nampaknya harus berbesar hati membiarkan mobil pabrikan otomotif asal Jerman tersebut.

Pasalnya, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana menegaskan pihaknya masih belum bisa menjual model terbaru Golf di Indonesia saat ini.

"Sementara (tidak dijual). Belum tahu sampai kapan. Kita bolak-balik lagi meeting. Secara engine mereka enggak kasih. Karena engine mereka sudah Euro 6," ujarnya di Senayan, Jakarta.

Jonas juga menyebut bahan bakar yang tersedia di Indonesia belum bisa mendukung engine terbaru yang disematkan pada Golf terbaru. Kecemasan VW bukan tanpa alasan, sebelumnya pabrikan otomotif itu pernah terkena kasus dieselgate beberapa tahun silam.

"Karena bahan bakarnya enggak fit. Kebijaksanaan dari kepala sampai ke ekor itu semua enggak ada toleransi lagi sekarang, karena masalah yang dulu," ujarnya.

Saat disinggung kapan terakhir VW Golf dijual di Indonesia, Jonas menegaskan produksi tahun 2017 merupakan yang terakhir. "Sisa-sisa tahun 2017. Setelah itu udah enggak jual," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggah Video Cium Pipi Reza Rahadian, Komika Kiky Saputri Banjir Komentar

Posted: 10 Nov 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komika Kiky Saputri baru-baru ini menjadi perbincangan hangat warganet, pasalnya pada 8 November 2019 Kiky memposting sebuah video bersama aktor ternama yaitu, Reza Rahardian. Video berdurasi 13 detik tersebut memperlihatkan, Kedekatan antara Kiky dengan Reza Rahardian.

Bukan hanya itu, video yang diunggah pada akun Twitter pribadi Kiki @kikysaputrii memamerkan Kiky yang dengan tiba-tiba mencium pipi Reza Rahardian. Dalam Unggahannya Kiky menuliskan, "INILAH ALASAN KENAPA AKU SULIT MEMBUKA HATI UNTUK YANG LAIN. MAAF, PADA AKHIRNYA AKU HARUS JUJUR PADA MEDIA," tulisnya.

Video yang diunggah 2 hari lalu tersebut sukses menjadi viral dan mendapatkan beragam komentar dari warganet. Beberapa warganet mengaku iri dengan video yang diunggah oleh Kiky tersebut. "eh, suara gemuruh darimana ini? Ternyata suara iri dengki dari hatiku," tulis akun @citamahardika

1. Deretan Komentar Nyeleneh dari Warganet

Warganet yang melihat video yang diunggah oleh Kiky tersebut juga memberikan banyak komentar nyeleneh seperti,

"Mba Kiky di kehidupan sebelumnya pasti pernah nyelamatin Negara," tulis akun Twitter @rabithamaha

"Reza Rahardian akting jadi bapaknya?," tambah akun lainnya.

"Mungkin ini filter baru di Instagram bisa disun Reza Rahardian. Bhaiq," sahut akun lainnya.

"Ngedit video kaya gini gimana woy… biar bisa di sun reza," tulis akun lainnya

"Yang masangin susuk komentar deh," komentar akun lainnya.

 

 

2. Viral

Video berdurasi 13 detik tersebut pun menjadi viral di kalangan warganet dan di media sosial. Diketahui video yang diunggah oleh Kiky mendapatkan 17 ribu likes dan sudah dibagikan sebanyak 7 ribu lebih.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyamarataan Harga Kebutuhan Pokok, Pemprov DKI Hadirkan JakGrosir di Pulau Tidung

Posted: 10 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta bersama Pasar Jaya meresmikan JakGrosir di Pulau Tidung Kecil pada September lalu. Peresmian ini menjadi solusi nyata yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk menekan harga kebutuhan pokok, terutama bahan pangan di Kepulauan Seribu yang mana masih cukup tinggi dibandingkan dengan harga di daratan Jakarta.

Dengan beroperasinya JakGrosir di Pulau Tidung Kecil ini, kebutuhan pangan murah untuk pulau-pulau yang ada di seluruh Kepulauan Seribu juga akan disalurkan dari sana, dan kedepannya JakGrosir bisa hadir di wilayah atau pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

Dirut Perumda PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, mengatakan, keberadaan JakGrosir ini ingin memastikan kebutuhan barang kebutuhan pokok di warung-warung di Kepulauan Seribu terjaga stoknya serta harga yang sama dengan di daratan Jakarta.

"Untuk memastikan harga standar kita akan monitoring berkala sehingga harga tetap terjaga, stabil dan inflasi dapat ditekan," katanya.

Pihaknya juga akan memberikan sanksi kepada pedagang anggota KPPJ yang menjual terlalu tinggi dibandingkan di pasaran karena harga dari JakGrosir sama dengan di daratan Jakarta. 

Ada beberapa jenis bahan pokok yang disubsidi lewat JakGrosir, yakni daging sapi seharga 35.000 rupiah per kg, daging ayam 8.000 rupiah per kg, telur ayam seharga 10.000 rupiah per tray, beras seharga 30.000 rupiah per 5 kg, ikan sekitar 13.000 rupiah per kg, dan susu seharga 30.000 rupiah per karton dengan isi 24 pak per 200ml.

Satu paket bahan pokok tersebut di pasaran bisa seharga 350.000 rupiah, namun bagi para penerima program pangan murah cukup membayar ebesar 126.000 rupiah saja dan sisanya dibayar oleh Pemprov DKI Jakarta.

Hemat Waktu dan Biaya Transportasi

 

(Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Para pedagang di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu kini merasa semakin terbantu dengan hadirnya pusat perkulakan milik Perumda Pasar Jaya. Seperti yang dirasakan Jaenudin (60), warga RT 03/03 Kelurahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan.

Pemilik Kartu Pedagang Pasar Jaya (KPPJ) ini mengaku senang dengan keberadaan JakGrosir di Kepulauan Seribu. Terlebih, dengan JakGrosir ini dirinya bersama pedagang lainnya sesama anggota KPPJ dapat melakukan aktivitas perkulakan tanpa harus ke darat lagi.

 

(Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

"Alhamdulillah kini tak perlu lagi ke darat untuk mendapatkan dagangan, apalagi harganya sama dengan harga di darat. Jadi hemat waktu dan biaya transposrtasi," katanya,

Padahal sebelumnya, sambung Janudin, Ia harus mengeluarkan biaya transportasi berkali-kali dari kapal ojek, bajaj, ongkos angkut barang atau biaya kuli angkut yang mahal hingga becak motor.

Warga pun merasa senang dengan hadirnya JakGrosir ini. Salah satunya, Hariyani (48), warga RT 01/02, Kelurahan Pulau Tidung. Sebelum kehadiran JakGrosir, dirinya selalu mengantre di kelurahan untuk mendapatkan pangan murah.

Namun, kini dengan hadirnya JakGrosir, dirinya tak perlu mengantre lagi dan bisa kapan pun mendapatkan bahan pangan dengan harga yang terjangkau. "Kini, saya tidak perlu mengantre lagi, sebab saya bisa belanja lebih mudah dan harganya sama dengan harga di daratan Jakarta," ujar Hariyani.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perekrut ISIS Incar Pekerja Migran di Hong Kong dan Singapura, Mayoritas TKI

Posted: 10 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Selama enam hari dalam sepekan, ketiga perempuan ini bekerja sebagai pekerja rumah tangga di rumah-rumah warga Singapura.

Tetapi di waktu luang, mereka mempromosikan ISIS secara daring, menyumbangkan uang kepada militan di luar negeri, dan menjadi radikal hingga setidaknya seorang di antara mereka siap mati sebagai pembom bunuh diri di Suriah, menurut Kementerian Dalam Negeri Singapura.

Para wanita, semuanya warga negara Indonesia, ditangkap pada September 2019 di bawah Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri Singapura karena dicurigai ikut serta dalam kegiatan pendanaan teror dan menghadapi 10 tahun penjara dan denda hingga $ 500.000 dolar Singapura (sekitar Rp 5,1 miliar).

Seorang juru bicara KBRI Singapura dan Kemlu RI mengonfirmasi penangkapan dan mengatakan pihaknya memberikan pendampingan konsuler kepada para wanita, yang tidak memiliki perwakilan hukum karena mereka masih dalam penyelidikan.

"Pendampingan diberikan agar mereka memahami hak, kewajiban, dan proses hukumnya," kata seorang pejabat di Kemlu RI pada Oktober 2019 lalu.

Para wanita itu belum secara resmi didakwa, namun masih dalam tahanan. Di bawah undang-undang keamanan Singapura, mereka dapat ditahan hingga dua tahun sebelum mereka diadili.

Juru bicara pemerintah Singapura mengatakan, "Mereka dinilai menimbulkan ancaman keamanan mengingat dukungan mereka untuk ISIS dan penyelidikan atas kegiatan pendanaan terorisme mereka yang sedang berlangsung."

Kendati demikian, para ahli terorisme mengatakan mereka bukan satu-satunya pekerja rumah tangga yang diyakini telah diradikalisasi online ketika bekerja di kota-kota besar Asia seperti Singapura dan Hong Kong, demikian seperti diwartakan CNN, sebagaimana disadur Liputan6.com pada Senin (11/11/2019).

Ketika ISIS mengalihkan pandangannya ke Asia setelah jatuhnya kekhalifahan di Timur Tengah, para perempuan itu semakin menjadi sasaran, meskipun dengan cara yang kurang terorganisir, para ahli memperingatkan.

"Mereka dimangsa dan dieksploitasi oleh sel-sel militan yang pada dasarnya melihatnya sebagai sapi perah," kata Nava Nuraniyah, seorang peneliti di Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC), sebuah think tank di Indonesia kepada CNN.

"Mereka memiliki penghasilan yang stabil, berbicara bahasa Inggris dan biasanya memiliki jaringan internasional yang luas, menjadikan mereka (target) ideal."

Mayoritas TKI Jadi Target

Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)

Perempuan semacam itu mewakili sebagian kecil dari sekitar 250.000 pekerja rumah tangga migran yang tinggal di Singapura dan dari 385.000 yang tinggal di Hong Kong.

"Sebagian besar pekerja asing patuh hukum dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat kita," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Singapura.

"Namun, masih ada individu yang terus diradikalisasi oleh ideologi kekerasan ISIS," lanjut kementerian itu.

Sebagian besar kasus yang diidentifikasi sejauh ini melibatkan warga negara Indonesia, menurut para ahli terorisme.

CNN berusaha menghubungi tiga wanita Indonesia yang ditahan di Singapura tetapi tidak dapat memberikan komentar.

Antara 2015 dan 2017, IPAC melakukan penyelidikan sendiri terhadap radikalisasi pekerja rumah tangga dan mendapati ada "spektrum radikal" dari setidaknya 50 perempuan Indonesia yang bekerja di luar negeri sebagai pengasuh anak, pembantu rumah tangga atau pengasuh untuk lansia.

Di antara mereka, 43 berbasis di Hong Kong, empat di Singapura dan tiga di Taiwan. Karena sulitnya mendapatkan data dan kesaksian langsung, ini adalah angka terbaru yang tersedia.

Menurut sebuah sumber di Indonesia dengan pengetahuan tentang militan yang diradikalisasi yang dikembalikan ke negara asalnya, setidaknya 20 pekerja rumah tangga yang teradikalisasi dideportasi kembali ke Indonesia, sebuah negara yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, termasuk tiga yang saat ini sedang menjalani program deradikalisasi yang dijalankan bekerja sama dengan pemerintah.

Untuk segelintir wanita yang menjadi radikal, prosesnya biasanya dimulai dengan peristiwa traumatis, menurut peneliti IPAC, Nuraniyah. Dan radikalisasi bisa sangat cepat.

Laporan IPAC merinci kasus salah satu pekerja rumah tangga Indonesia di Hong Kong yang beralih dari penggemar mode sekuler menjadi pemuja ISIS dalam waktu kurang dari setahun.

"Mereka biasanya telah melalui perceraian, berutang atau menderita goncangan budaya pindah ke tempat yang sangat berbeda dari rumah, yang semuanya merupakan masalah umum yang dihadapi oleh pekerja migran," kata Nuraniyah.

Tinggal jauh dari rumah di lingkungan yang asing, kadang-kadang terkena perlakuan buruk oleh majikan yang tidak bermoral, mereka sangat rentan terhadap indoktrinasi online.

"Mereka kesepian sehingga mereka merasa perlu untuk terlibat dengan komunitas Indonesia, baik secara online atau dalam kehidupan nyata," kata Diovio Alfath, seorang petugas program di Koalisi Masyarakat Sipil Melawan Ekstremisme Kekerasan atau C-Save, sebuah organisasi Indonesia yang membantu merehabilitasi korban radikalisasi.

"Tetapi karena tidak memiliki jejaring sosial yang biasanya mereka tuju untuk meminta nasihat, mereka tidak siap untuk berurusan dengan pesan radikal yang diumpankan kepada mereka."

Pacar Online

Ilustrasi wanita pengikut ISIS di Singapura. (AFP)

Mereka mungkin sudah memiliki kontak pro-ISIS di teman-teman Facebook mereka dan berpaling padanya atau mencari halaman-halaman militan terkemuka, kata Nuraniyah dari IPAC.

Beberapa direkrut oleh pekerja rumah tangga lain di sebuah pengajian atau pada pertemuan sosial pada hari libur mereka, menurut IPAC.

Seringkali, ini adalah jalan dua arah: pekerja rumah tangga mungkin mengambil langkah pertama dengan menjangkau para militan. Sebagai imbalannya, banyak yang kemudian dengan cepat dibawa ke dalam kelompok-kelompok radikal dan dipersiapkan untuk menjadi militan.

"Saya mulai mendengarkan podcast Salafi saat membersihkan rumah," kata seorang pembantu Indonesia dari Semarang yang bekerja di Singapura kepada IPAC --menurut sebuah transkrip wawancara yang dilihat oleh CNN. Salafi mengacu pada cabang Islam yang ketat dan ortodoks.

"Di Facebook, saya mengikuti orang-orang yang profilnya tampak sangat Islami karena saya membutuhkan teman yang bisa membimbing saya."

Dia mengatakan dia sangat tersentuh oleh akun Instagram yang menampilkan gambar-gambar grafik dari para korban Muslim di Suriah.

Kemudian dia berkenalan secara online dengan seorang tukang daging Indonesia berusia 29 tahun yang tinggal di Batam. Dia mengatakan, pria itu mendorongnya untuk melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS di sana. Tetapi pemerintah Singapura mengetahui tentang rencananya dan mendeportasinya kembali ke Indonesia pada tahun 2017, menurut Nuraniyah.

Titik kritis biasanya datang setelah para wanita menjalin hubungan pribadi dengan militan online yang menjadi "pacar" mereka, katanya. Mereka kemudian diundang untuk bergabung dengan ruang obrolan khusus pada aplikasi terenkripsi --Telegram adalah contoh primer.

"Di sinilah hal-hal nyata terjadi, di mana desain bom dibagikan dan koordinasi aktif terjadi," kata Zachary Abuza, seorang ahli operasi ISIS di Asia Tenggara di National War College di Washington.

Sebagai contoh, katanya, ada beberapa ratus kelompok di Telegram --sebuah aplikasi terenkripsi yang sering digunakan oleh ISIS-- untuk simpatisan gerakan Islam, banyak di antaranya memiliki konten yang disusun khusus untuk wanita, seperti saran tentang masalah feminin dan membesarkan anak.

CNN telah menjangkau Telegram tetapi perusahaan tidak menanggapi permintaan komentar.

Setelah proses radikalisasi selesai, sejumlah kecil pekerja rumah tangga menikahi pacar jihad mereka.

Seorang perempuan Indonesia yang bekerja di Hong Kong kembali ke Banten, di Jawa Barat, pada 2015 untuk menjadi istri kedua Adi Jihadi, seorang militan yang ditangkap pada 2017 karena membeli senjata dan mengikuti pelatihan di Mindanao bersama Isnilon Hapilon, yang telah mendeklarasikan diri sebagai emir ISIS untuk Asia Tenggara.

Adi Jihadi kemudian mengaku mendanai senjata yang digunakan dalam serangan Sarinah-Thamrin 2016 di Jakarta di mana delapan orang tewas dan dihukum karena ini.

Pekerja rumah tangga radikal lainnya mengambil peran yang lebih aktif, menjadi pemodal, perekrut dan koordinator.

"Beberapa pekerja rumah tangga yang datang melalui program kami terlibat dalam memberikan dukungan finansial atau logistik --seperti memberikan penampungan bagi militan dalam perjalanan mereka ke Suriah-- untuk jaringan radikal," kata Diovio Alfath dari Koalisi Masyarakat Sipil Melawan Ekstremisme Kekerasan atau C-Save.

Seorang wanita berusia 36 tahun dari Jawa Tengah, yang diduga tokoh terkemuka dalam komunitas pro-ISIS di Hong Kong, mengumpulkan dana dari pembantu rumah tangga yang diradikalisasi dan mengirimkannya ke organisasi jihadis di Indonesia, menurut posting media sosial dan wawancara yang dilakukan oleh IPAC.

Perempuan itu juga mengatur tiket pesawat untuk militan Indonesia yang bepergian ke Suriah, seringkali melalui Hong Kong, menurut sumber yang sama.

Pada hari liburnya, dia kadang-kadang menghadiri kelas-kelas oleh Serving Islam Team, sebuah organisasi yang didirikan oleh Wael Ibrahim, seorang bintang pop Mesir yang berubah menjadi sarjana Salafi.

"Dia biasanya datang dengan seorang teman dan sangat tenang selama pelajaran," katanya kepada CNN.

"Tapi setelah itu, dia akan dengan kuat mempertanyakan mengapa kita tidak mendukung ISIS."

Wael Ibrahim akhirnya mengusirnya dari kelasnya. Pada Juli 2017, perempuan itu dideportasi kembali ke Indonesia, di mana dia tinggal, menurut Nuraniyah.

Beberapa pekerja rumah tangga yang teradikalisasi bahkan bepergian ke zona perang.

Dari 50 pekerja rumah tangga yang teradikalisasi yang diidentifikasi oleh IPAC, setidaknya 12 telah berupaya untuk mencapai Suriah melalui Hong Kong, pada Juni 2017. Empat orang berhasil ke Suriah, sisanya dicegat dan dideportasi kembali ke Indonesia, menurut laporan IPAC.

C-Save juga melaporkan kejadian yang sama, di mana pekerja rumah tangga yang berusaha mencapai Suriah.

Dua dari perempuan Indonesia yang ditangkap di Singapura menyembunyikan niat untuk melakukan perjalanan ke Suriah, salah satu dari mereka bahkan mengklaim bahwa ia ingin menjadi pembom bunuh diri untuk ISIS di Suriah, klaim pihak berwenang.

Destinasi Baru

Ilustrasi militan ISIS (AFP)

Soal penangkapan tiga peremuan di Singapura, Kementerian Dalam Negeri negara itu mengatakan bahwa dua di antaranya didorong oleh kontak online mereka untuk bermigrasi ke Filipina selatan.

Para ahli mengatakan ISIS telah memperkuat pijakannya di Asia Tenggara, dan simpatisan ISIS --termasuk pekerja rumah tangga yang teradikalisasi-- baru-baru ini mulai menetapkan pandangan mereka pada Filipina sebagai tujuan.

"Setelah 2017, begitu ISIS mulai kehilangan wilayah di Timur Tengah, pesannya bergeser," kata Zachary Abuza, seorang ahli operasi ISIS di Asia Tenggara di National War College di Washington.

"Kelompok itu mulai mendorong para militan untuk melakukan perjalanan ke Mindanao, di Filipina, dan mendirikan sebuah kekhalifahan di sana."

Beberapa organisasi Islam di Filipina dan Indonesia --termasuk Abu Sayyaf, Maute, dan Jamaah Ansharut Daulah (JAD)-- telah berjanji setia kepada ISIS.

Beberapa orang ditangkap baru-baru ini di Sabah, sebuah negara bagian Malaysia di pulau Kalimantan, karena membantu simpatisan ISIS dalam perjalanan mereka ke Filipina --kata Ayob Khan Mydin Pitchay, seorang pejabat anti-terorisme Malaysia, memaparkan kepada Malay Mail, September 2019 lalu.

Pada 2017, para militan ISIS merebut kota Marawi di Mindanao, yang mengarah ke pengepungan lima bulan, yang baru tuntas pada bulan Oktober 2017 setelah kematian para pemimpin militan; Omar Maute dan Isnilon Hapilon, yang dianggap sebagai emir ISIS di Asia.

Jatuhnya ISIS di Suriah dan Irak juga menyebabkan peningkatan upaya rekrutmen online yang menargetkan Muslim di Malaysia dan Singapura, menurut Abuza.

"Sejak jatuhnya kekhalifahan, dorongan perekrutan terus berlanjut," tambah Diovio Alfath dari Koalisi Masyarakat Sipil Melawan Ekstremisme Kekerasan atau C-Save.

"Tetapi mereka menjadi kurang terorganisir. Alih-alih perintah yang datang dari atas, mereka sekarang berasal dari kelompok-kelompok lokal di Indonesia atau bahkan dari individu militan."

Rekrutmen tersebut meluas hingga melatih pekerja rumah tangga untuk melakukan serangan bunuh diri, menurut IPAC.

Seorang mantan pekerja rumah tangga di Taiwan dan Singapura, Dian Yuli Novi yang berusia 27 tahun berencana meledakkan dirinya di luar istana kepresidenan di Jakarta. Pada Agustus 2017, dia dijatuhi hukuman tujuh setengah tahun penjara, menurut Reuters.

Pada Desember 2016, seorang wanita yang diduga menjadi pelaku bom bunuh diri ditangkap di Jawa Tengah. Diduga teradikalisasi di Hong Kong selama waktunya di sana sebagai pekerja rumah tangga, Ika Puspitasari yang berusia 34 tahun telah kembali ke Indonesia untuk menikah dengan pria yang ditemuinya secara online pada 2015, menurut IPAC.

Pihak berwenang mengatakan, dia kemudian mengajukan diri untuk melakukan serangan bom di Bali pada Malam Tahun Baru. Dia dijatuhi hukuman empat tahun enam bulan penjara dan denda pada tahun 2017.

Dimonitor

Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Sangaji)

Rekrutmen pekerja rumah tangga di Hong Kong dan Singapura tidak luput dari perhatian.

"Pemerintah di negara tuan rumah mereka secara aktif memantau pos media sosial dan kelompok diskusi untuk mencari konten terkait terorisme," kata Diovio Alfath dari C-Save.

"Jika mereka menemukan pesan radikal yang diterbitkan oleh seorang pekerja migran, mereka akan bergerak untuk mendeportasinya."

Singapura telah mendeportasi 16 pekerja rumah tangga yang diradikalisasi kembali ke Indonesia sejak 2015 setelah menyelesaikan investigasi dalam kasus mereka, menurut juru bicara Kementerian Dalam Negeri Singapura.

Hong Kong menolak untuk memberikan angka jumlah pembantu rumah tangga yang telah dideportasi, tetapi seorang juru bicara kepolisian mengatakan bahwa "terus mengawasi tren teroris internasional dan terus menilai ancaman teroris ke Hong Kong," dengan bertukar intelijen dengan lembaga penegak hukum lainnya dan melakukan latihan multi-agensi.

Pada 2018, unit anti-terorisme antar-departemen di Hong Kong dibentuk.

Singapura telah bekerja erat dengan organisasi keagamaan lokal dan kelompok rehabilitasi untuk terlibat dengan komunitas pekerja rumah tangga asing melalui acara penjangkauan di masjid-masjid dan kedutaan asing, menurut juru bicara pemerintah.

Acara-acara ini berfungsi untuk mengajarkan mereka tentang nilai-nilai sosial multi-agama Singapura dan untuk memperingatkan mereka tentang kelompok-kelompok ekstremis, tambahnya.

Kementerian Tenaga Kerja Singapura juga menyelenggarakan briefing untuk agen ketenagakerjaan dan telah memasukkan modul anti-terorisme dalam program penyelesaiannya untuk pekerja rumah tangga asing.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

APBD Surabaya Anggarkan Kenaikan Honor Penyelenggara Panitia Pilkada

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Surabaya 2020 yang disahkan DPRD pada Minggu, 10 November menganggarkan kenaikan honor penyelenggara pilkada ad hoc seperti panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sebesar Rp16 miliar.

"Itu tidak terlepas sikap akomodatif sikap bu wali kota yang memandangnya pentingnya penambahan anggaran demi kelancaran dan kesuksesan Pilkada Surabaya 2020," kata anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Surabaya Anas Karno di Surabaya, Senin (11/11/2019), mengutip Antara.

Diketahui honor penyelenggara pilkada ad hoc sebelumnya tidak masuk dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada Surabaya 2020 yang diteken Wali Kota Surabaya dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya pada 7 Oktober 2019.

Pada NPHD yang sudah diteken tersebut disebutkan bahwa tidak ada kenaikan honor ad hoc untuk pilkada serentak 2020, melainkan sama dengan pelaksanaan Pilkada Jatim 2018 dan Pemilu legislatif 2019, seperti halnya untuk honor PPK sebesar Rp1.850.000.

Padahal sesuai Surat Edaran Kementerian Keuangan RI Nomor S-735/MK.02/2018 tanggal 7 Oktober 2019 tentang usulan standar biaya honorarium badan Ad Hoc Pemilihan 2020, untuk honor PPK naik menjadi Rp 2.200.000.

Hal itu karena pihak KPU saat itu belum mengetahui Surat Edaran Kementerian Keuangan yang keluarnya bersamaan dengan ditandatanganinya NPHD pada 7 Oktober 2019.

Menurut Anas, DPRD dan Pemkot Surabaya akan mengawal pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020 mulai awal hingga akhir. Tentunya, KPU Surabaya sebagai penyelenggara pilkada diharapkan bisa bersikap netral dan berintergritas.

"Aspek pemenuhan anggaran itu merupakan syarat mutlak terlaksananya pilkada yang berkualitas," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya dari PDI Perjuangan ini.

Selanjutnya

Anggota Komisi A Bidang Hukum dan pemerintahan DPRD Surabaya M. Machmud sebelumnya menyesalkan honor ad hoc rendah dibanding PPK di Kabupaten Gresik.

"Ini ironis kekuatan APBD Surabaya lebih besar dibanding Gresik," kata dia.

Saat ditanya apakah NPHD itu bisa diubah, Machmud mengatakan bahwa NPHD yang sudah diteken sudah tidak bisa diubah lagi karena yang bisa diubah jika calon di Pilkada itu melebihi dari lima calon atau ada persoalan krusial lainnya. Saat itu, ia menyarankan agar Pemkot dan KPU Surabaya konsultasi ke Kementerian Keuangan atau Kementerian Dalam Negeri.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi pada saat penandatanganan NPHD sempat mengatakan pada awalnya pengajuan dari KPU Surabaya sebesar Rp118 miliar dengan pertimbangan adanya pengajuan dengan berpedoman adanya potensi kenaikan honor ad hoc.

Namun, lanjut dia, berdasarkan kajian bersama, potensi tersebut belum bisa dijadikan dasar hukum pengajuan penganggaran sehingga anggaran Pilkada Surabaya yakni sebesar Rp84.637.990.000. "Jadi honor ad hoc sama dengan pelaksanaan Pilkada Jatim 2018 dan Pileg 2019," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Persija Vs Borneo FC, Tonton Eksklusif di Vidio Premier

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija akan menantang Borneo FC dalam laga tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019. Laga ini bakal digelar di Stadion Patriot sore nanti mulai pukul 15.30 WIB.

Persija saat ini berada di posisi ke-13 klasemen Shopee Liga 1 2019. Mereka mengoleksi 28 poin dari 25 laga.

Sementara Borneo FC berada di posisi keempat klasemen Shopee Liga 1 2019. Tim Pesut Etam mengoleksi 42 poin dari 26 laga.

Kemenangan bakal membuat Persija menjauhi papan bawah. Sementara Borneo FC butuh tiga angka untuk bertahan di papan atas klasemen.

Selain di Indosiar, laga Persija vs Borneo FC pada pukul 15.30 WIB dapat disaksikan lewat Vidio Premier, secara berlangganan melalui link ini....

Link Live Streaming

Shopee Liga 1 - Persija Jakarta Vs Borneo FC - Head to Head (Bola.com/Adreanus Titus)

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (k); Ismed Sofyan, Xandao, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa (b); Sandi Sute, Rohit Chand, Joan Tomas (t); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (d)

Pelatih: Edson Tavares

Borneo FC (4-2-3-1): Gianluca Pandeynuwu (k); Makarius Suruan, Javlon Guseynov, Wildansyah, Abdul Rahman (b); Juan Alsina, Sultan Samma; Renan Silva, Muhammad Sihran, Terens Puhiri (t); Bruno Conti (d)

Pelatih: Mario Gomez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selvi Ananda Menantu Jokowi, Ini 4 Potret Cantiknya Jelang Melahirkan

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti keluarga Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi. Lantaran, sang istri, Selvi Ananda, tengah mengandung anak kedua.

Menurut perhitungan, menantu Jokowi ini melahirkan anak pada pertengahan November 2019. Hal itu terungkap dari unggahan Instagram sang buah hati, Jan Ethes, baru-baru ini.

Kala itu, Selvi Ananda, bersama sang suami serta Jan Ethes menghadiri acara Traditional Dessert Festival, di Solo. Dan mereka pun diwawancarai KompasTV.

Berikut ini, empat potret cantik Selvi Ananda yang telah memasuki trimester akhir kehamilannya.

 

1. Tampil Sederhana

Selvi Ananda, menantu Jokowi, yang merupakan istri Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram/@janethesss)

Meski sudah memasuki Trimester akhir, tak membuat Selvi Ananda lemah. Ia masih terlihat aktif menemani sang suami dan anak sulungnya, Jan Ethes di acara Traditional Dessert Festival, yang digelar pada 29 Oktober 2019.

Ia tampil sederhana dengan atasan berwarna coklat susu bergambar jerapah yang dipadukan celana panjang hitam. 

 

 

 

2. Kenakan Blus Putih

Selvi Ananda, menantu Jokowi, yang merupakan istri Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram/@janethesss)

Dalam satu kesempatan, Selvi Ananda berpose mengenakan blus putih. Perutnya sudah terlihat besar.

Ia membiarkan rambut panjangnya tergerai. Meski memakai riasan tipis, Selvi tetap terlihat cantik.

 

3. Ke Mal

Selvi Ananda, menantu Jokowi, yang merupakan istri Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram/@janethesss)

Dalam kondisi hamil, Selvi Ananda, tetap terlihat asyik jalan-jalan di mal. Tak sendiri, ia bersama sang suami, ibu mertua, serta adik ipranya Kahiyang Ayu, Bobby Nasution beserta anak, dan Jan Ethes juga Kaesang Pangarep tampak ikut.

Ia mengenakan atasan hitam yang dipadu dengan cardigan coklat, serta celana panjang hitam. 

4. Pakai Kebaya Cokelat

Selvi Ananda, menantu Jokowi, yang merupakan istri Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram/@janethesss)

Pada perayaan HUT Kemerdekaan RI, Selvi Ananda ikut datang ke Istana Negara. Ia memilih mengenakan kebaya berwarna cokelat.

Rambutnya disangkul kecil, dengan riasan tipis. Putri Solo 2009 ini tampak cantik dengan penampilanannya yang sederhana ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek LRT Jabodebek Tahap II Bakal Telan Dana Rp 12 Triliun

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto memperkirakan pembangunan proyek LRT Jabodebek Tahap II akan menelan dana sebesar Rp12 triliun.

Pembangunan LRT tahap II sendiri rencananya akan menghubungkan Cibubur dan Bogor dengan panjang 25 kilometer (km). Sementara proses pembangunannya sendiri memakan waktu 3 tahun.

"Sekitar Rp12 T lah kira-kira, tapi belum dihitung," ujarnya di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Budi melanjutkan, pembangunan proyek LRT tahap II sebenarnya sudah memasuki proses desain. Pihaknya mengaku tinggal menunggu instruksi Pemerintah untuk merealisasikan proyek.

"Dalam proses desain. Tinggal nunggu Pemerintah kapan mulai, kami siap menjalankan," ujarnya.

Begitu juga dengan peletakan batu pertama (groundbreaking), pihaknya akan kembali menunggu instruksi dari Pemerintah. Sedangkan untuk skema pembiayaan, kemungkinan masih akan bervariasi.

"Tinggal tunggu Pemerintah Groundbreaking kita siap. Untuk skema pembiayaan bervariasi, bisa APBN, bisa seperti LRT Jabodebek. Nanti ditentukan Pemerintah," pungkasnya.

Tarif LRT Jabodebek Bisa Kurang dari Rp 12 Ribu

Pekerja menderek rangkaian kereta LRT Jabodebek yang baru tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019). Pengiriman prasarana gerbong LRT produksi PT INKA ke Jakarta dilakukan melalui jalur Tol Trans Jawa dan diangkut menggunakan multi-axle. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tarif LRT Jabodebek tahap I berpeluang lebih murah lagi. Saat ini, tarif LRT Jabodebek dibanderol Rp 12 ribu per tiket.

"Tarif sementara perhitungannya Rp 12 ribu tapi nanti kita melakukan suatu justifikasi menjelang operasional," tuturnya di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Menhub Budi menjelaskan, pihaknya masih melihat beberapa pertimbangan kemungkinan untuk tarif LRT Jabodebek tahap I dapat turun kembali.

"Pertimbangan bisa juga asumsi jumlah penumpang, atau kalau ada cost tertentu, atau sebaliknya ada pendapatan yang besar sehingga bisa diturunkan, nanti kita lihat justifikasinya pada akhir operasional," ujarnya.

Saat ini, progres keseluruhan LRT Jabodebek telah mencapai 67,3 persen yang terdiri dari jalur lintas Cawang-Cibubur 86,2 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3 persen dan lintas Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

Adapun pembangunan proyek LRT Jabodebek tahap I ditargetkan rampung dan dapat beroperasi pada bulan Juni 2021.

Menko Luhut Klaim LRT Jabodebek Lebih Unggul dari MRT

Pekerja melintas di samping rangkaian kereta LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat (13/10/2019). Interior kereta LRT juga dilengkapi dengan kursi prioritas dan khusus disabilitas serta sistem keamanan di dekat pintu keluar. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim LRT Jabodebek buatan PT INKA lebih unggul dibanding MRT Jakarta.

Seperti diketahui, MRT Jakarta menggunakan kereta rel listrik produksi Sumitomo Corporation, Jepang, bekerjasama dengan Nippon Sharyo.

"Teknologinya sudah di generasi ketiga, lebih bagus dibanding teknologi MRT Jakarta," tutur dia di Cibubur, Minggu (13/10/2019).

Menko Luhut melanjutkan, sebanyak 60 persen pembangunan LRT Jabodebek mengandung lokal konten atau yang biasa disebut tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

"Hampir semua buatan dalam negeri, 60 persen lokal konten," ujarnya.

Sebagai informasi saja, progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek Tahap I sampai dengan 4 Oktober 2019, telah mencapai 66,13 persen. Rincian progres pada setiap lintas pelayanannya sebagai berikut:

Lintas Pelayanan 1 - Cawang – Cibubur : 85,7 persenLintas Pelayanan 2 - Cawang – Kuningan – Dukuh Atas : 56,1 persenLintas Pelayanan 3 - Cawang – Bekasi Timur : 59,5 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Memilih Parfum Sesuai Aroma Tubuh

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki aroma tubuh berbeda-beda. Dari aroma tubuh tersebut, kita bisa tahu ciri dan kepribadian seseorang. Aroma tubuh juga bisa berubah dan bercampur dengan aroma lain, dari wewangian yang kita gunakan, salah satunya parfum.

Aroma parfum bisa menyatu dengan aroma tubuh, bahkan bisa membuat aroma tubuh menjadi lebih kuat. Tapi dengan syarat, dapat memilih aroma parfum yang sesuai dengan aroma tubuh kita.

Untuk sebagian orang, aroma parfum menonjol dan pekat mungkin tidak cocok dengan aroma tubuh aslinya. Begitu pula sebaliknya, aroma parfum ringan, justru tidak akan berpengaruh pada orang beraroma tubuh kuat.

Dalam menilai aroma parfum, kita juga tidak boleh sembarang, karena parfum memiliki tingkatan aroma berbeda. Agar aroma parfum dan aroma tubuh menyatu dan sesuai, ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan. Seperti cara memilih parfum yang sesuai aroma tubuh berikut ini yang telah Liputan6.com rangkum, Senin (11/11/2019).

Cara Memilih Parfum dengan Mengenali Wewangian

Ilustrasi parfum/copyright shutterstock

1. Mengenali Wangi Parfum

Sebelum membeli dan memilih parfum, akan lebih baik kalau kita mengetahui seluk beluk parfum terlebih dahulu. Dalam satu jenis parfum, aroma yang dihasilkan bisa berubah-ubah seiring dengan lama waktu pemakaian. Ada tiga tingkatan dalam parfum, aroma atas, tengah dan bawah. Ketiga aroma ini akan berganti berurutan setelah disemprotkan ke tubuh.

Setelah mengetahui perbedaan tingkat aroma parfum, pilih parfum dengan aroma tingkat tengah dan bawah yang lebih disukai. Jangan memilih parfum yang aroma wanginya masih berada di tingkat pertama.

2. Memilih Wangi Parfum yang Disukai

Kalau kalian sudah terbiasa memakai satu jenis parfum, dan sudah menyukainya, usahakan untuk memilih parfum baru yang tidak berbeda jauh dari parfum sebelumnya. Cari dan pilih bahan dasar aroma yang sama, misalnya bunga, kayu atau aroma buah citrus.

Cara Memilih Parfum dengan Percobaan

Ilustrasi parfum/copyright shutterstock

3. Mencoba Parfum dari Aroma yang Ringan

Ketika berada di toko parfum, dan ingin mencoba semua aroma parfum, usahakan untuk tidak sembarangan memakainya. Coba parfum dengan aroma ringan terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan aroma parfum yang lebih kuat.

Biasanya, parfum dengan bahan dasar buah citrus memiliki aroma ringan. Sedangkan parfum dengan aroma bunga dan kayu jauh lebih kuat. Dan yang terpenting, jangan pakai semua parfum dalam waktu bersamaan, ya.

4. Jangan Menyoba Banyak Parfum

Cara memilih parfum yang sesuai dengan aroma tubuh selanjutnya ialah dengan mencobanya langsung kulit atau tubuh. Namun untuk menemukan parfum yang tepat, kita harus membatasi jumlah parfum yang akan dicoba. Terlalu banyak pilihan parfum yang dicoba justru akan membuat aroma parfum menjadi bercampur. Tipsnya, jangan mencoba lebih dari 3 jenis parfum yang berbeda.

Cara Memilih Parfum dengan Memakainya Sekali

Ilustrasi parfum/copyright shutterstock By StaceStock

5. Mencobanya di Bagian Tubuh Tertentu

Selain keempat cara memilih parfum yang sesuai dengan aroma tubuh di atas, masih ada tiga hal penting yang tak boleh dilewatkan. Di antaranya ialah pemilihan bagian tubuh tertentu untuk mencoba parfum. Umumnya, orang-orang mencoba parfum di pergelangan tangan saja.

Selain pergelangan tangan, bagian tubuh seperti belakang daun telinga, area bawah tenggorokan, bagian dalam siku dan lutut, adalah bagian tubuh yang cocok untuk mencoba parfum. Bagian-bagian tubuh tersebut merupakan area nadi yang bisa membuat aroma parfum menyebar ke seluruh tubuh dan bertahan lebih lama.

6. Beri Jeda Waktu

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, aroma parfum memiliki tiga tingkatan dan bisa berubah setelah pemakaian. Jadi, ketika mencoba dan memilih parfum yang sesuai aroma tubuh, pastikan untuk memberi jeda waktu setelah menyemprotkannya ke tubuh.

Di 15 menit pertama, aroma tingkat atas akan lebih kuat. 15 menit berikutnya, baru muncul aroma tingkat tengah, yang bisa dijadikan patokan dalam memilih parfum. Sedangkan aroma tingkat bawah, akan muncul sekitar 30-60 menit setelah pemakaian.

Cara Memilih Parfum dengan Memberi Jeda Waktu

Ilustrasi parfum/copyright shutterstock

Kunci utama dalam cara memilih parfum yang sesuai aroma tubuh ialah soal waktu. Aroma parfum dan aroma tubuh, membutuhkan waktu untuk menyatu. Ditambah lagi, aroma parfum bisa berubah.

7. Beri Jeda Waktu pada Aroma Parfum untuk Menyatu

Perlu diingat kalau, aroma pertama yang keluar dari parfum setelah disemprotkan ke tubuh, bukanlah aroma parfum yang akan tercium sepanjang hari. Aroma tersebut berada di tingkat atas dan akan hilang 15 menit kemudian.

Setelah menyemprotkan parfum ke tubuh, tunggu kurang lebih 15 menit, maka aroma parfum akan berubah dan menjadi aroma tingkat tengah.

Aroma tingkat tengah dan bawah biasanya lebih tahan lama sepanjang hari. Inilah aroma parfum yang sebenarnya. Jadi, jangan terburu-buru menilai aroma parfum tidak enak atau terlalu kuat di 15 menit pertama, ya.

 

Reporter: Siwi Nur Wakhidah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Kronologi Penemuan Jenazah dalam Koper

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polres Bogor mengungkap kronologi penemuan jenazah dalam koper yang menggegerkan warga Nanggung Kabupaten Bogor. Jenazah tersebut kini dievakuasi ke RS Polisi Kramat Jati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsie Hill, Disabilitas yang Wujudkan Mimpi Jadi Penari Dari Atas Kursi Roda

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan yang mengakibatkan kelumpuhan hingga menjadi disabilitas tidak dapat mematahkan cita-cita Chelsie Hill sebagai seorang profesional.

Meskipun separuh tubuhnya tak lagi berfungsi, wanita ini tetap mewujudkan mimpinya dan menginspirasi banyak orang yang mengalami kondisi serupa, yaitu disabilitas.

Dilansir Oddity Central, Chelsie sudah bertekad untuk menjadi penari sejak usia 3 tahun. Sejak usia 5 tahun hingga duduk di bangku SMA, dia sudah sering memenangkan kompetisi tari.

Semua orang yakin Chelsie akan meraih masa depan cemerlang sebagai penari profesional, hingga sebuah kecelakaan mengubah hidupnya.

Setelah menghadiri sebuah pesta, Chelsie pulang dengan menumpang mobil salah satu temannya. Celakanya, si pengemudi mabuk berat dan menabrak pohon dengan kecepatan tinggi.

Chelsie yang baru berusia 17 tahun berhasil selamat, namun dia harus menerima kenyataaan pahit. Dokter menyatakan dia tak akan bisa berjalan kembali.

Tubuh Chelsie mengalami kelumpuhan mulai dari pinggang hingga ujung kaki. Namun kenyataan itu tak membuat Chelsie patah arang. "Lupakan berjalan, saya hanya ingin menari," kata Chelsie.

Selama masa pemulihan, Chelsie menonton video Auti Angel, mantan penari profesional dan koreografer. Angel tampil bersama artis-artis hip-hop kenamaan seperti N.w.a., Kid 'n Play, dan LL Cool J.

Dia menari dengan penuh semangat, meskipun menggunakan kursi roda. Dari sana Chelsie merasa terinspirasi dan bertekad untuk mengikuti jejak Angel di tengah keterbatasannya sebagai disabilitas.

 

Kembali Menari Lagi

Kecelakaan yang mengakibatkan kelumpuhan hingga menjadi disabilitas tidak dapat mematahkan cita-cita Chelsie Hill sebagai seorang profesional. (Merdeka.com)

Setelah keluar dari rumah sakit, Chelsie belajar untuk menggunakan kursi roda dan mulai menari lagi. Dia pun bertemu dengan Auti Angel dan tiga penari disabilitas lainnya.

Chelsie tampil dalam reality show Push Girls untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan kesadaran penonton tentang bahaya berkendara dalam keadaan mabuk.

Setelah tampil di acara tersebut, Chelsie mulai membuat video tutorial bagi para penyandang disabilitas. Dia juga berkeliling negeri untuk berbagi kisah inspiratifnya.

Saat ini, Chelsie Hill dikenal sebagai seorang penari hip-hop, motivator, dan inspirator yang berhasil membangkitkan semangat begitu banyak orang, terutama penyandang disabilitas seperti dirinya.

"Yang namanya tarian tetaplah tarian, entah Anda berjalan atau bergulir (dengan kursi roda), dan itulah yang saya sebut keindahan dalam tarian. Tarian tidak mengenal kecacatan. Tarian adalah sesuatu yang Anda rasakan dalam hati Anda," tutur Chelsie.

Walaupun begitu, Chelsie tetap berharap suatu hari dia bisa berjalan kembali. Saat ini, dia rajin melatih otot-otot tubuhnya agar terbiasa bergerak kembali.

 

Reporter : Tantri Setyorini

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Tahu Mastitis Penyakit Peradangan pada Payudara, Pria Juga Dapat Terkena!

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mastitis adalah keadaan inflamasi atau peradangan pada jaringan payudara. Umumnya, hanya satu payudara yang terkena kondisi ini. Pada wanita menyusui penyakit ini dikenal dengan istilah masitis laktasi. Sering terjadi pada tiga bulan pertama setelah melahirkan.

Mastitis laktasi disebabkan saluran ASI tersumbat akibat pengaruh kesalahan menyusui. Misal: latch on kurang baik atau menyusui tidak teratur.

Pada wanita yang tidak menyusui juga dapat muncul penyakit mastitis periduktal. Tidak hanya itu, ternyata pria juga bisa terkena penyakit ini, namun sangat jarang terjadi.

Nah, pada kesempatan kali ini Klikdokter.com coba membagikan bagaimana cara penanganannya dan masih banyak lagi informasi yang akan diberikan seputar mastitis. Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel Klikdokter.com hanya di Vidio.

Saksikan Videonya di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kursi Bekas dan Bantalan Rel Jadi Kafe

Posted: 10 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Nuansa klasik khas eropa memberi sentuhan baru di Loko coffee shop Cirebon. Dalam operasionalnya, kafe tersebut mengadopsi konsep stasiun kereta api pada masa Nederlandsch- Indische Spoorweg Maatschpappij (perushaan kereta api pada masa Hindia- Belanda).

Coffe Shop yang dikembangkan oleh anak perusahaan PT KAI tersebut merupakan yang ke sembilan beroperasi. Plt Direktur Utama PT Reksa Multi Usaha, Muhammad Sahli mengatakan, Loko Cofee Shop hadir di Cirebon untuk mengakomodir kebutuhan mobilisasi para pekerja masa kini.

Terdapat workspace atau ruang meeting yang dapat digunakan sembari menikmati sajian khas Loko Coffee Shop. Selain kopi, para pengunjung juga dapat menikmati 21 varian teh terbaik nusantara dengan berbagai khasiatnya untuk kesehatan.

"Kita tetap mengangkat cita rasa nusantara sesuai daerah dimana kafe kami beroperasi. Di Cirebon ya kita angkat kuliner daerah juga," kata dia saat peresmian Loko Cofee Shop di Jalan Kartini Kota Cirebon, Minggu (10/11/2019).

Selain desain kontruksi yang unik, interior Loko Coffee Shop ini juga menjadi daya tarik. Menggunakan kursi bekas kereta kelas bisnis buatan tahun 1985 yang sudah tidak berfungsi lagi.

Dia mengatakan, kursi bekas kereta api yang ada di Loko Cofee Shop membuat sensasi berbeda untuk menikmati suasana kafe. Uniknya, sejumlah kursi bekas kereta api tersebut masih berfungsi.

Kursi tersebut bisa diputar 180 derajat menghadap ke dua arah. Pengunjung tinggal memutar bagian sandaran kursi tersebut kedepan atau ke belakang tergantung selera.

Di sisi luar kafe, terdapat bekas bantalan rel kayu kereta api yang dijadikan kursi dan meja. Suasana Loko Cofee Shop Cirebon ini menjadi lengkap dengan adanya replika dari Kereta Inspeksi Wijayakusuma. 

Bersaing

Penampakan kafe milik PT KAI ini membuat pengunjung merasakan suasana berbeda dan lebih santai. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

"Kalau menu lokal Cirebon di Loko ini namanya Balakutak dan Empal Gentong. Sama seperti pendahulunya, dengan konsep Coffee Shop para pengunjung juga dapat menikmati live brew beraneka macam kopi khas nusantara," kata Sahli

Kehadiran Loko Cofee Shop tersebut dianggap sebagai bagian dari upaya meningkatkan jumlah wisatawan ke Cirebon. Manajer Bisnis Developmen PT Reska Multi Usaha Anton Ardi Purboyo mengatakan, dalam opreasionalnya, kafe tersebut tetap mengangkat kopi nusantara.

"Kita bukan ingin bersaing tapi bagaimana bersama-sama memajukan Cirebon dan menu kuliner nusantara yang ada," kata dia.

Dia menyebutkan harga jual menu yang tersedia di Loko Cofee Shop ini relatif terjangkau. Untuk menu minuman, mulai dari Rp 6000 sampai Rp 45 ribu.

Sementara untuk harga makanan dari Rp 12 ribu sampai Rp 55 ribu per item. Kafe tersebut, kata dia, mampu menampung hingga 400 pengunjung.

"Dua lantai bisa buat meeting juga," ujar dia.

Tidak hanya di Cirebon, Anton menyebutkan, tahun depan pihaknya akan membuka kafe serupa di enam outlet. Yakni Semarang, Purwokerto, Surabaya, Jakarta, Malang, Garut.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro meresmikan langsung Loko Coffee Shop Cirebon ini.

Menurutnya, kehadiran Loko cofee shop Cirebon sebagai upaya untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin bersantai. Menurutnya, Loko Coffee Shop ini merupakan tempat yang cocok untuk bersantai.

"Kalau di Kota lain itu kafenya di sekitar stasiun tapi di Cirebon tidak sementara tempatnya luas lagi dan ini terobosan baru. Menu juga lumayan dan terjangku sekali," kata Edi.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Berenang untuk Diet dan Tips Agar Berhasil Mendapat Berat Badan Ideal

Posted: 10 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan atau diet. Selain melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, mengimbanginya dengan olahraga juga sangat penting agar hasilnya maksimal.

Olahraga yang biasa dilakukan untuk diet diantaranya adalah lari, jalan cepat, dan bersepeda. Namun, kamu juga bisa mencoba olahraga alternatif lainnya yang dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan secara maksimal, yaitu berenang.

Selain menyegarkan dan mengurangi stres, berenang juga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan berenang menggerakkan seluruh bagian tubuh sehingga mampu membakar kalori dan lemak.

Walaupun dipercaya bisa menurunkan berat badan, namun kamu tetap perlu melakukannya dengan bijak. Dalam artian, kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat setelah berenang.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat berenang untuk diet serta tips melakukannya agar hasilnya maksimal, Senin (11/11/2019). 

Menurunkan Berat Badan

Manfaat Berenang untuk Diet (iStockphoto)

Guna mendapatkan manfaat berenang untuk diet, kamu disarankan untuk berenang disertai dengan gerakan yang tak monoton. Gaya yang dilakukan saat berenang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya cedera otot.

Untuk gaya renangnya sendiri, kamu bisa menggunakan gaya dada, gaya bebas, gaya katak, gaya kupu-kupu, hingga gaya punggung. Kalau kamu ingin menurunkan berat badan lebih efektif, kamu bisa menggunakan gaya kupu-kupu.

Gaya kupu-kupu dipercaya bisa membakar kalori secara maksimal. Berenang dengan gaya kupu-kupu bisa membakar kalori hingga 150 kalori pada orang dewasa dengan berat 73,5 kilogram dengan durasi 10 menit.

Selain gaya kupu-kupu, gaya bebas juga mampu membakar kalori di tubuh lebih banyak. Sedangkan gaya dada dan gaya punggung setara dengan jalan cepat atau jogging untuk membakar kalorinya.

Membakar Kalori

Berenang / Sumber: Photo by Haley Phelps on Unsplash

Berenang untuk diet dipercaya mampu membakar kalori cukup banyak. Kamu bisa merasakan manfaat berenang untuk diet jika melakukannya selama 60 menit, untuk membakar sekitar 500 hingga 700 kalori. Kalori yang terbakar saat berenang ini nantinya akan menghasilkan energi.

Untuk membakar kalori yang cukup banyak saat berenang, perlu diimbangi dengan gaya, jarak, dan kecepatan saat berenang. Agar berat badan turun secara signifikan, kamu bisa berenang 30-60 menit per hari.

Tubuh akan membakar karbohidrat di menit-menit awal berenang, lalu di saat berenang akan membakar lemak. Berenang dengan durasi tersebut dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan mengurangi masalah kesehatan.

Untuk merasakan manfaat berenang untuk diet secara utuh, kamu bisa melakukannya secara rutin 4 – 6 hari dalam seminggu. Selain bermanfaat untuk diet, berenang juga mampu mencegah penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, dan jantung.

Membentuk Otot Tubuh

Berenang (Sumber: iStockphoto)

Manfaat berenang untuk diet selain mampu untuk menurunkan berat badan dan membakar kalori, juga dipercaya mampu membentuk otot tubuh. Hal ini dikarenakan otot tubuh akan bekerja keras saat berenang, termasuk otot bagian bawah, bagian atas, otot inti, hingga otot punggung.

Selain itu, berenang juga membuat organ jantung dan paru bekerja lebih aktif untuk menyediakan oksigen yang dibutuhkan tubuh. Hal ini mengakibatkan banyak kalori yang dibakar tubuh dan menyediakan energi saat kamu berenang.

Saat berenang, juga dapat melatih otot lebih kuat dan meningkatkan massa otot. Kemudian juga akan membuat sistem metabolisme meningkat sehingga tubuh bisa membakar kakori lebih banyak.

Tips Berenang untuk Diet Agar Hasilnya Maksimal

ilustrasi makan makanan/Photo By chomplearn on Shutterstock

Manfaat berenang untuk diet bisa didapatkan jika dilakukan dengan tekun. Menurut jurnal International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism 2014, berenang merupakan jenis olahraga yang membutuhkan ketekunan.

Olahraga ini bisa membentuk stamina yang kuat dan sehat, serta membantu mencapai berat badan ideal. Namun, ternyata berenang juga dapat membuat berat badan tidak turun sama sekali.

Hal ini dikarenakan olahraga renang dapat menekan nafsu makan pada saat aktivitas berlangsung. Sedangkan setelah berenang selesai, nafsu makan justru meningkat dengan drastis.

Oleh karena itu, kamu perlu mengimbanginya dengan asupan nutrisi yang sehat. Penting untuk megonsumsi banyak sayur dan buah, serta membatasi asupan lemak dan gula, untuk membantu mencapai berat badan ideal.

Cara mengatasi rasa lapar setelah berenang, kamu tetap harus konsisten mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Pastikan juga untuk menghindari asupan tinggi lemak dan tinggi gula.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tips Agar Tak Rugi Saat Belanja Harbolnas 11.11

Posted: 10 Nov 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berbelanja pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) seharusnya memberi keuntungan bagi konsumen. Untuk itu, konsumen harus menyusun rencana belanja agar jangan sampai promo Harbolnas malah membuat rekening jebol.

"Konsumen tetap harus mengedepankan perilaku belanja yang kritis dan rasional. Belanjalah berdasar pada kebutuhan bukan keinginan. Jangan terjerat bujuk rayu diskon, sebab banyak diskon hanyalah gimmick marketing alias diskon abal-abal," ujar Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, pada Minggu, 10 November 2019.

Ucapan YLKI ada benarnya, maka dari itu konsumen perlu membaca dengan hati-hati mengenai promo Harbolnas, terutama jika promonya terdengar terlampau murah. Bila demikian, perhatikan lagi syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum terpancing membeli.

Ada pula imbauan agar konsumen hati-hati saat belanja Harbolnas. Jangan sampai setelah uang ditransfer barang tidak sampai akibat belanja di tempat yang tidak kredibel.

Untuk lebih jelasnya, berikut tips-tips belanja saat Harbolnas:

1. Buat Shopping Plan

Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Sebelum Harbolnas, pastikan kamu sudah tahu ingin membeli apa saja. Jangan sampai bingung ingin membeli apa, lalu malah keterusan membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan.

Siapkan juga budget untuk belanja. Jadi andaikan masih ada sisa uang setelah belanja barang yang kamu butuhkan, usahakan agar tidak melewati budget.

2. Cermati Tempat Belanja

Buat yang suka belanja di online shop, hati-hati dengan modus penipuan baru yang meminta cashback. (Ilustrasi: Pexels.com)

Bila belanja di luar platform e-commerce yang sudah tersohor, YLKI menyarankan agar membaca lagi profil seller. Berdasarkan data YLKI, banyak penipuan di segmen pasar ini.

"Jangan sampai konsumen dirugikan oleh transaksi belanja online dari market place yang tidak kredibel. Alih alih konsumen malah tertipu. Sebab berdasar data pengaduan YLKI selama 5 tahun terakhir, pengaduan belanja online selalu menduduki rating tiga besar," ujar Tulus Abadi.

"Dan ironisnya prosentase pengaduan tertinggi yang dialami konsumen adalah barang tidak sampai ke tangan konsumen. Artinya masih banyak persoalan dalam belanja online dalam hal perlindungan konsumen," tambah dia.

3. Bandingkan Harga dan Benefit

Ilustrasi belanja online (Sumber Foto: Pexels)

Menurut Perencana Keuangan Safir Senduk, konsumen baiknya membandingkan harga di satu platform dengan platform lain.

Jadi cobalah membandingkan promo di satu platform dengan platform pesaingnya. Kalkulasikan benefit dari segi harga hingga ongkos kirim.

4. Jangan Terbuai Tulisan Harga Murah

Ilustrasi Membakar Uang (pixabay.com)

Platform belanja sudah mulai berani menawarkan promo barang seharga puluhan rupiah saja. Namun, benarkah demikian? Atau hanya gimmick semata?

YLKI sudah memperingatkan bahaya gimmick marketing. Maka dari itu, jika ada promo yang too good to be true, lebih baik membaca lagi syarat dan ketentuannya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Penyebab Penyakit Biduran yang Harus Diwaspadai, Jangan Disepelekan

Posted: 10 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Biduran merupakan salah satu penyakit kulit yang umum terjadi. Biasanya ditandai dengan kemunculan bentol kemerahan di bagian kulit dan disertai rasa gatal. Biduran bisa muncul di salah satu bagian kulit tertentu, atau juga bisa muncul di seluruh tubuh, tergantung pada penyebabnya.

Penyakit biduran dibedakan menjadi dua, penyakit biduran akut dan penyakit biduran kronis. Biduran akut bisa muncul secara tiba-tiba, tapi lebih mudah sembuh. Sedangkan, biduran kronis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.

Kedua jenis biduran tersebut disebabkan oleh zat histamin, yaitu zat yang dikeluarkan oleh sistem imun tubuh sebagai bentuk reaksi alergi terhadap sesuatu. Pemicu kemunculan zat histamin dalam tubuh ini ada beragam.

Penyebab penyakit biduran bisa berasal dari dalam maupun luar tubuh. Bahkan, bisa juga berasal dari hal-hal yang tidak terduga seperti debu maupun kualitas air yang digunakan untuk mandi. Berikut ini penjelasan singkat mengenai penyebab penyakit biduran yang harus diwaspadai yang telah dirangkum Liputan6 dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019).

Penyebab Penyakit Biduran karena Alergen

Berikut adalah 6 obat gatal dan iritasi dari bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah.

1. Obat-obatan

Tidak hanya makanan saja yang mengandung alergen, tapi juga obat-obatan. Terutama obat yang mengandung antibiotik, anti-inflamasi nonsteroid, krim kortikosteroid, insulin, vaksin, obat untuk hipertensi dan obat untuk kemoterapi. Obat-obat tersebut dapat memicu munculnya zat histamin dan menimbulkan reaksi alergi berupa batuk dan mata berair, juga menjadi penyebab penyakit biduran.

2. Debu dan serbuk sari

Paparan zat kimia berbahaya sudah pasti akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Namun, tidak hanya zat kimia saja, bahan alami seperti serbuk sari juga bisa memicu masalah, seperti bersin, batuk hingga menyebabkan penyakit biduran.

Debu dan serbuk sari patut diwaspadai apabila jumlahnya banyak dan menumpuk. Untuk menghindarinya, kita bisa mengenakan topi, pakaian tertutup dan masker pelindung.

Penyebab Penyakit Biduran karena Parasit dan Infeksi

Ilustrasi kulit gatal. (dok. Pixabay/Novi Thedora)

3. Keberadaan parasit dalam tubuh

Di dalam tubuh manusia, terdapat banyak organisme kecil yang ikut tumbuh dan berkembang. Seperti bakteri baik, cacing untuk membantu pencernaan hingga bakteri dan cacing yang bisa berubah menjadi parasit. Misalnya saja, cacing pita, cacing kremi dan trichinella yang dapat menginfeksi organ pencernaan. Biasanya, keberadaan parasit ini akan menimbulkan reaksi alergi dan jadi penyebab penyakit biduran.

4. Sedang mengidap flu

Tidak semua orang yang mengidap flu akan terserang penyakit biduran, hanya sebagian dari mereka saja. Infeksi yang terjadi pada orang flu dapat menyebabkan kekebalan dan sistem imun tubuh menurun. Inilah yang memicu zat histamin muncul dan menyebabkan reaksi alergi, dari batuk biasa, pusing hingga muncul bentol seperti biduran.

Penyebab Penyakit Biduran karena Terjangkit Penyakit yang Lebih Parah

Penyakit Hepatitis (sumber: iStock)

5. Mengidap Hepatitis A

Ada kondisi di mana penyakit biduran tidak boleh dianggap sepele. Terlebih ketika memiliki riwayat penyakit hepatitis. Penderita hepatitis, terutama hepatitis A umumnya akan mengalami perubahan warna di bagian tubuh tertentu, mengalami nyeri otot, hingga muncul biduran yang disertai rasa gatal.Penderita biduran yang disebabkan oleh hepatitis A, dikategorikan dalam jenis biduran akut dan bisa disembuhkan.

6. Mengidap kanker

Selain hepatitis, kanker juga bisa jadi penyebab penyakit biduran yang muncul tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena penderita kanker memiliki sistem imun yang lemah dan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Belum lagi konsumsi obat-obatan kemoterapi, yang bisa juga meningkatkan risiko penyakit biduran.

Namun, tidak semua penderita kanker akan mengalami biduran. Penyakit biduran lebih banyak dikaitkan dengan kanker otak, sarkoma retroperitoneal, kanker vulva, kanker ginjal, kanker kandung kemih dan kanker yang berkaitan dengan sistem ekskresi.

Penyebab Penyakit Biduran dari Luar Tubuh

Lima jenis makanan ini harus dihindari saat tubuh mengalami gatal dan ruam kulit.

7. Paparan sinar matahari

Reaksi alergi penyebab penyakit biduran bisa datang dari paparan sinar matahari langsung. Terlebih untuk kondisi kulit yang memiliki masalah dermatologis langka, seperti solar urtikaria. Penderita masalah kulit ini, umumnya lebih rentan terhadap penyakit biduran apabila terkena sinar matahari langsung.

Selain kemunculan bentol kemerahan di kulit yang disertai rasa gatal, reaksi alergi paparan sinar matahari, juga akan disertai sakit kepala, mual hingga sesak napas.

8. Gigitan serangga

Gigitan serangga tertentu juga dapat menyebabkan reaksi alergi dan menyebabkan penyakit biduran, lho. Kita harus mewaspadai beberapa jenis serangga, seperti kutu, nyamuk, dan tangau. Apabila gigitan serangga ini tidak diatasi dengan baik, dapat menyebabkan biduran kronis.

Penyebab Penyakit Biduran karena Air

Ilustrasi gatal (sumber: iStock)

9. Keringat berlebih

Penyebab penyakit biduran satu ini cukup umum dan sering terjadi pada bayi dan mereka yang banyak berkeringat. Kondisi tubuh dengan keringat berlebih bisa menjadi pertanda adanya masalah dalam tubuh, dan umumnya ditandai dengan kemunculan biduran tak lama setelah keringat bercucuran.

10. Kualitas air yang digunakan untuk mandi

Apa kamu pernah mengalami gatal hingga muncul bentol kemerahan di kulit setelah mandi? Kondisi tersebut disebabkan karena kualitas air yang buruk dan suhu tubuh yang berlebihan. Untuk mencegahnya, kita bisa mengecek terlebih dahulu kualitas dan suhu air dengan mencoba mencelupkan telapak tangan ke permukaan air.

 

Reporter: Siwi Nur Wakhidah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Buka 581 Lowongan CPNS 2019

Posted: 10 Nov 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) resmi membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Ada dua formasi yang ditawarkan, yakni formasi umum dan formasi khusus.

Perlu diketahui, formasi khusus ditujukan untuk lulusan cumlaude, disabilitas, dan putra/putri Papua maupun Papua Barat. Dikutip dari situs resmi Kemkominfo, Senin (11/11/2019), ada delapan unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi untuk CPNS 2019.

Selain penempatan di Kemkominfo, penempatan juga dilakukan untuk Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI dan RRI. Untuk mengetahui delapan unit kerja yang mendapat alokasi tersebut, berikut ini adalah daftar lengkapnya.

1. Sekretariat Jenderal

2. Inspektorat Jenderal

3. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

4. Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika

5. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika

6. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika

7. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika

8. Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI)

9. Lembaga Penyiaran Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI)

Total formasi yang dibuka untuk Kemkominfo adalah 581 formasi. Nantinya, alokasi penempatan akan dibagi menjadi 180 formasi untuk Kemkominfo, 101 formasi untuk LPP RRI, dan 300 formasi di LPP TVRI.

Sementara untuk pembagian berdasarkan jenis formasi, Kemkominfo membuka 507 formasi untuk umum, 58 formasi untuk cumlaude, 12 formasi bagi disabilitas, dan 4 formasi ditujukan untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.

Jadwal pelaksanaan untuk pendaftaran CPNS Kemkominfo 2019 dimulai dari 11 November 2019 pukul 08.00 WIB hingga 24 November 2019 pukul 23.59. Bagi kamu yang tertarik, para pelamar harus mendaftar melalui laman SSCN BKN.

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Hari Ini, Cek Detail Formasi di Pusat dan Daerah

Sejumlah CPNS mengikuti Presidential Lecture 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2019). Kegiatan yang diikuti oleh 6.148 CPNS hasil seleksi tahun 2018 itu mengangkat tema Sinergi Untuk Melayani. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemerintah berencana membuka pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 pada Senin (11/11/2019) ini. Sebanyak 152.286 formasi disiapkan pada seleksi CPNS  tahun ini. 

Pembukaan seleksi terbagi pada beberapa formasi. Salah satunya pada instansi pusat sebanyak 37.425 formasi. Pembukaan formasi ini berada di 68 Kementerian/Lembaga. Kemudian Instansi Daerah 114.861 formasi yang dialokasi pada 462 Pemerintah Daerah (pemda).

Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada instansi pusat dan daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya.

Adapun tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi. 

Dokumen yang Harus Disiapkan

Banner Infografis Formasi Penerimaan CPNS 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

/Pemerintah mengumumkan untuk membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada 11 November tahun ini.

Pembukaan penerimaan CPNS tertuang dalam pengumuman Menteri PANRB nomor B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah, pada Senin (28/10/2019).

Pengumuman tersebut akan diikuti pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019.

Bagi yang ingin mengikuti penerimaan CPNS 2019, harus menyiapkan dokumen.  Ini di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

"Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN," jelas Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, Senin (28/10/2019).

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesona Claudia Emmanuela, Gadis Indonesia yang Juarai The Voice of Germany 2019

Posted: 10 Nov 2019 09:35 PM PST

Claudia Emmanuela Santoso yang berasal dari Cirebon ini tak hanya bersuara merdu, tapi juga mahir memainkan alat musik seperti gitar, ukulele dan keyboard. (Liputan6.com/IG/@audi_emmanuela)

Claudia Emmanuela Santoso yang berasal dari Cirebon ini tak hanya bersuara merdu, tapi juga mahir memainkan alat musik seperti gitar, ukulele dan keyboard. (Liputan6.com/IG/@audi_emmanuela)

Claudia Emmanuela Santoso yang kini berusia 18 tahun ini sedang menempuh pendidikannya di Universitas Munchen, Jerman. Sebelumnya, Audi bersekolah di SMA Kristen Penabur Cirebon. (Liputan6.com/IG/@audi_emmanuela)

Claudia Emmanuela Santoso yang kini berusia 18 tahun ini sedang menempuh pendidikannya di Universitas Munchen, Jerman. Sebelumnya, Audi bersekolah di SMA Kristen Penabur Cirebon. (Liputan6.com/IG/@audi_emmanuela)

Sebelum mengikuti The Voice Jerman, Claudia Emmanuela Santoso telah lebih dulu ikut pencarian bakat di TV Indonesia salah satunya, Mamamia. (Liputan6.com/IG/@audi_emmanuela)

Sebelum mengikuti The Voice Jerman, Claudia Emmanuela Santoso telah lebih dulu ikut pencarian bakat di TV Indonesia salah satunya, Mamamia. (Liputan6.com/IG/@audi_emmanuela)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2019: Marquez Kukuhkan Dominasi

Posted: 10 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mampu finis kedua di MotoGP Malaysia 2019, yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Minggu (3/11/2019). Hasil itu membuat dia memecahkan rekor poin Jorge Lorenzo di klasemen MotoGP kala menjadi juara dunia 2010.

Marquez sendiri telah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2019 ketika balapan di Sirkuit Buriram, Thailand bulan lalu. Kini, pencapaian Marquez melampui Lorenzo setelah mengoleksi 395 poin usai MotoGP Malaysia 2019.

Lorenzo ketika menjadi juara dunia MotoGP 2010 mendulang 383 poin. Sementara itu, pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, finis terdepan di MotoGP Malaysia, Minggu (3/11/2019).

Usai kemenangan itu membuat Maverick Vinales menduduki posisi ketiga dengan koleksi 201 poin. Andrea Dovizioso dari Ducati masih menempati peringkat kedua dengan mengumpulkan 258 poin hingga balapan MotoGP Malaysia digelar.

Di urutan keempat terdapat pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, dengan 194 poin. Kemudian rekan setim Dovizioso di Ducati, Danilo Petrucci berada di posisi kelima dengan torehan 176 poin. Vinales, Rins, dan Petrucci masih bersaing sengit dalam berebut peringkat ketiga klasemen MotoGP 2019. 

Klasemen MotoGP

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berusaha mengejar Fabio Quartararo, pada MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Minggu (6/10). Pembalap asal Spanyol itu menyudahi balapan 26 lap dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Klasemen Pembalap

Marc Marquez - Honda - 395 poin

Andrea Dovizioso - Ducati - 256

Maverick Vinales - Yamaha - 201

Alex Rins - Suzuki - 194

Danilo Petrucci - Ducati - 176

Fabio Quartararo - Yamaha - 172

Valentino Rossi - Yamaha - 166

Jack Miller - Ducati - 149

Cal Crutchlow - Honda - 133

Franco Morbidelli - Yamaha - 115

Pol Espargaro - KTM - 94

Joan Mir - Suzuki - 83

Takaaki Nakagami - Honda - 74

Aleix Espargaro - Aprilia - 56

Francesco Bagnaia - Ducati - 54

Andrea Iannone - Aprilia - 43

Miguel Oliveira - KTM - 33

Johann Zarco - Honda - 30

Jorge Lorenzo - Honda - 25

Tito Rabat - Ducati - 18

Stefan Bradl - Honda - 16

Michele Pirro - Ducati - 9

Hafizh Syahrin - KTM - 8

Sylvain Guintoli - Suzuki - 7

Karel Abraham - Ducati - 7

Mika Kallio - KTM - 3

Jadwal Balapan

Jadwal MotoGP Valencia Spanyol 2019

Jumat 15 November 2019

15:00 - 15:40, FP1 Moto3

15:55 - 16:40, FP1 MotoGP

16:55 - 17:35, FP1 Moto2

19:15 - 19:55, FP2 Moto3

20:10 - 20:55, FP2 MotoGP

21:10 - 21:50, FP2 Moto2

Sabtu 16 November 2019

15:00 - 15:40, FP3 Moto3

15:55 - 16:40, FP3 MotoGP

16:55 - 17:35, FP3 Moto2

18:35 - 18:50, Q1 Moto3

19:00 - 19:15, Q2 Moto3

19:30 - 20:00, FP4 MotoGP

20:10 - 20:25, Q1 MotoGP

20:35 - 20:50, Q2 MotoGP

21:05 - 21:20, Q1 Moto2

21:30 - 21:45, Q2 Moto2

Minggu 17 November 2019

14:20 - 14:40, WU Moto3

14:50 - 15:10, WU Moto2

15:20 - 15:40, WU MotoGP

17:00, Race Moto3

18:20, Race Moto2

20:00, Race MotoGP

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Liverpool Taklukkan Manchester City 3-1

Posted: 10 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Laga Liverpool kontra Manchester City di stadion Anfield berakhir dengan kemenangan The Reds 3-1. Berhasil kumpulkan 34 poin, Liverpool puncaki klasemen Liga Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy S11 Hadir dengan Layar Lebih Besar dari Pendahulu

Posted: 10 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy S11 dapat dipastikan baru akan meluncur tahun depan. Namun, bocoran mengenai spesifikasi atau informasi terkait smartphone ini sudah muncul di internet.

Salah satunya diungkap oleh akun Twitter, @evleaks alias Evan Blass, yang biasa memberikan informasi seputar smartphone akan rilis.

Dikutip dari Tech Radar, Senin (11/11/2019), Evan Blass kali ini mengungkap mengenai ukuran layar Galaxy S11.

Menurut Evan, Galaxy S11 akan hadir dengan ukuran layar yang lebih besar dari pendahulunya. Trio Galaxy S11 disebut memiliki layar mulai dari 6,4 inci, 6,7 inci, dan 6,9 inci.

Sekadar informasi, ukuran layar ini membuatnya terbilang jauh lebih besar dari generasi sebelumnya, yakni 5,8 inci untuk Galaxy S10e, 6,1 inci untuk Galaxy S10, dan 6,4 inci untuk Galaxy S10 Plus.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan desain yang akan diusung ketiga model tersebut. Ada kemungkinan Samsung akan membuat bezel lebih tipis, sehingga ukuran layar itu tidak terasa terlalu besar di tangan.

Di sisi lain, Evan juga menuturkan ketiga model Galaxy S11 akan memiliki desain layar melengkung. Karenanya, layar datar yang ada di Galaxy S10e kemungkinan tidak akan lagi dilanjutkan.

Lebih lanjut dia juga menuturkan dua model dengan ukuran yang lebih kecil memiiki dua opsi, yakni 4G dan 5G. Sementara varian Galaxy S11 dengan layar paling besar hanya memiliki versi 5G.

Meski bocoran yang diungkap Evan kebanyakan benar-benar terjadi, Samsung sendiri belum mengungkap kehadiran Galaxy S11. Untuk itu, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari perusahaan.

Samsung Punya Merek Dagang Space Zoom untuk Galaxy S11

Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty

Sebelumnya, sebuah paten menarik milik Samsung muncul di European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Perusahaan menggambarkan paten tersebut sebagai teknologi untuk pembesaran (zoom) maksimal dengan nama "Space Zoom".

Dilansir GSM Arena, Jumat (8/11/2019), Space Zoom diprediksi akan menjadi salah satu fitur pada smartphone Galaxy S11. Flagship smartphone Samsung ini dilaporkan akan diumumkan pada Februari 2020.

Sayangnya, paten tersebut tidak menjelaskan rincian tentang fitur Space Zoom. Namun fitur ini dinilai akan membuat Galaxy S11 bisa mengambil gambar dengan pembesaran tanpa mengurangi kualitasnya.

Sejauh ini Samsung belum memberikan bocoran tentang fitur kamera Galaxy S11. Kendati demikian, berbagai bocoran tentang smartphone ini telah banyak beredar di ranah internet.

Samsung Galaxy S11 Bakal Punya Sensor 108MP

Tampilan sensor sidik jari di layar Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty

Samsung sebelumnya dilaporkan akan merilis Galaxy S11 pada tahun depan dengan sensor beresolusi 108MP. Dilansir dari Phone Arena, informasi baru ini disampaikan oleh akun Ice Universe di Twitter. Akun ini terkenal dengan berbagai bocorannya tentang smartphone baru.

Sensor 108MP ini merupakan kolaborasi Samsung bersama Xiaomi yang diumumkan pada Agustus lalu. Sensor 108MP ISOCELL Bright HX ini memiliki resolusi 12.031 x 9024 piksel.

Generasi kedua sensor gambar 108MP kemungkinan akan memiliki beberapa peningkatan dari pada versi awal, seperti kemampuan mengambil cahaya yang cukup untuk memproduksi foto dalam kondisi minim cahaya. Sensor generasi pertama akan memulai debutnya pada handset Xiaomi.

Galaxy S11 diprediksi akan diumumkan sebelum Mobile World Congress (MWC) 2020 dimulai di Barcelona, Spanyol, pada 24 Februari mendatang. Pengembangan software untuk varian Amerika Serikat (AS) dari S11e, S11, dan S11+ dilaporkan sudah dimulai.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir di Dahi dengan Bahan Alami

Posted: 10 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat pasir di dahi secara alami bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa menggunakan berbagai bahan alami yang mudah didapatkan. Dengan menerapkannya secara rutin, jerawat pasir di dahi bisa dihilangkan.

Jerawat pasir atau biasa juga dikenal dengan istilah beruntusan sebenarnya sama saja dengan jerawat biasa, hanya bedanya berukuran lebih kecil dan berisi nanah atau lemak serta kotoran. Selain itu jerawat pasir ini biasanya muncul secara bergerombol.

Cara menghilangkan jerawat pasir di dahi dengan bahan alami mudah diterapkan. Jerawat pasir disebabkan bermacam-macam faktor, seperti penumpukan kotoran di pori-pori wajah yang kemudian meradang. Penumpukan kotoran ini akibat kurang menjaga kebersihan. Ada pula karena salah dalam menggunakan produk kosmetik yang tidak sesuai jenis dan kondisi kulit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019) cara menghilangkan jerawat pasir di dahi.

Kentang dan Madu

ilustrasi kentang/copyright Shutterstock

Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit serta menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya.

Cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya, adalah sebagai berikut:

- iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat

- biarkan selama 10 menit

- cuci wajah dengan air bersih.

- Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Madu

Salah satu cara lain yang kamu coba untuk menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya adalah dengan madu. Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya.

Cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya dengan madu adalah sebagai berikut:

- siapkan madu murni

- oleskan pada bekas jerawat

- biarkan hingga madu mengering

- bilas dan bersihkan dengan air hangat.

Putih Telur dan Tomat

Masker putih telur/copyright shutterstock

Putih Telur

Kandungan enzim lysozome di dalam putih telur dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Cara membuatnya pun mudah:

- siapkan telur, pisahkan putih dengan kuningnya

- kocok putih telur hingga mengembang

- oleskan pada bagian berjerawat dan bekasnya

- biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Tomat

Cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dapat juga dengan menggunakan Tomat. Tomat adalah buah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Cara menghilangkan jerawat pasir menggunakan tomat adalah sebagai berikut:

- pilih buah tomat yang segar dan sudah matang

- haluskan tomat dengan menggunakan blender sampai menjadi bubur

- setelah halus, ambil bubur tomat tadi dan aplikasikan pada wajah sebagai masker secara merata

- biarkan masker tomat di wajah hingga mengering, kurang lebih selama 1 jam

- setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

Baking Soda, Lidah Buaya, dan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis (sumber: Pexels)

Baking Soda

Cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya salah satunya adalah dengan baking soda. Baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub.

Berikut cara membuatnya:

- siapkan beberapa sendok teh baking soda dan air secukupnya

- campurkan hingga mengental

- oleskan pada area bekas jerawat sambil dipijat

- diamkan selama 2 menit

- basuh wajah dengan air hangat.

Lidah Buaya

Lidah buaya yang mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat pasir secara alami yang cukup sering digunakan orang-orang. Gunakan gel dari lidah buaya sebagai masker lalu biarkan mengering dan bilas dengan air.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diklaim mampu menghilangkan jerawat pasir.

Caranya cukup mudah:

- siapkan 2-3 jeruk nipis

- belah jadi 2 bagian

- peras dengan saringan

- oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah

- biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Tips Mencegah Munculnya Jerawat Pasir di Dahi

Tips Menghindari Jerawat Pasir di Dahi

Membersihkan Sisa Make Up

Sisa-sisa makeup yang menempel di wajahmu yang sudah bercampur dengan minyak alami kulit dapat menyumbat pori-pori wajah. Maka dari itu, kamu harus rajin membersihkan sisa make up agar jerawat pasir tidak muncul.

Keramas Teratur

Jarang keramas membuat rambut dan kulit kepala memproduksi minyak bercampur kotoran yang berlebih, sehingga menyebabkan jidatmu terkena jerawat pasir. Kami sarankan untuk keramas secara teratur minimal 3 kali seminggu sebagai cara menghilangkan jerawat pasir di jidat.

Jangan Sering Menyentuh Wajah

Tanpa kita sadari, di tangan kita terdapat banyak bakteri dan kuman dari berbagai barang yang kita pegang atau sentuh. Jika tangan menyentuh wajah, maka bakteri dan kuman tersebut dapat menimbulkan jerawat pasir. Oleh karena itu, sebelum menyentuh wajah, disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suahasil Nazara Ajak Pegawai Kemenkeu Jadi Pahlawan

Posted: 10 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memimpin peringatan hari pahlawan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (11/11). Peringatan hari pahlawan ke 74 tersebut mengangkat tema menjadi pahlawan di masa kini.

Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan, semua pihak khususnya pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan bisa meneladani nilai-nilai yang telah dicapai oleh pejuang kemerdekaan.

"Seperti berani, rela berkorban dan juga mereka bekerja sama bersinergi untuk mencapai tujuan Indonesia merdeka," ujarnya.

Suahasil mengatakan, pahlawan harus dapat diteladani. Di mana sekarang ini diterapkan sesuai konteks. "Contohnya, kita berfikir bagaimana kita menjadi pahlawan masa kini. Bagaimana saya menjadi pahlawan masa kini," jelasnya.

Pahlawan masa kini yang dimaksud, bisa bekerja dan mengabdi pada bidang masing-masing. Misalnya pada Kementerian Keuangan yang bekerja di bidang pengelolaan keuangan negara dengan penuh tanggung jawab demi kesejahteraan rakyat.

"Kita semua telah terpilih dan memilih untuk berjuang dibidang pengelolaan keuangan negara. Ini lah ladang juang kuta di institusi ini. Hendaknya kita mencurahkan hari dan pikiran untuk mewujudkan indonesia maju," tandas Suahasil.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Hari Pahlawan, APBD Surabaya 2020 Sebesar Rp 10,3 Triliun Disahkan

Pengesahan APBD Surabaya 2020 Sebesar Rp 10,3 Triliun pada Hari Pahlawan. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Rapat Paripurna DPRD Surabaya, Minggu (10/11/2019) telah mengesahkan Raperda APBD Tahun 2020 menjadi Peraturan Daerah. Rapat paripurna berlangsung monumental, karena pengesahan RAPBD dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan.

Tak hanya itu, nuansa rapat paripurna juga terkesan berbeda dari pelaksanaan di waktu-waktu sebelumnya, karena seluruh anggota DPRD, beserta jajaran pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan kalangan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) mengenakan pakaian dan atribut perjuangan.

Sebelum penandatangan berita acara persetujuan bersama antara Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) dan DPRD Surabaya. Delapan fraksi yang ada di DPRD menyampaikan pandangannya atas jawaban Wali Kota berkaitan dengan RAPBD Tahun 2020 sebelumnya. Pekik "Merdeka" terucap berkali-kali dari para juru bicara fraksi ketika akan membacakan pandangannya. Teriakan "Merdeka" itu langsung disambut para undangan yang hadir di rapat paripurna.

Risma menyampaikan rasa terima kasih kepada kalangan DPRD telah menyetujui pengesahan APBD Tahun 2020 pada 10 November, sekaligus mengucapkan "Selamat Hari Pahlawan", dilanjutkan dengan salam "Merdeka".

"Saya atas nama pemerintah kota Surabaya mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan dan anggota dewan, karena telah menyetujui APBD 2020, tepat pada 10 Nopember ini," ujar Risma.

Risma menambahkan, ucapan terima kasih tersebut disampaikan, karena kalangan dewan telah memberikan perhatian besar dengan mencurahkan segenap pikiran dan tenaganya dalam melakukan pembahasan RAPBD Kota Surabaya Tahun 2020, bersama dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya.

"Teknik penyusunan Raperda tentahg APBD Tahun 2020 sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan Peraturan pelaksanaannya," sebutnya.

 

Selanjutnya

Pengesahan APBD Surabaya 2020 Sebesar Rp 10,3 Triliun pada Hari Pahlawan. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Perempuan pertama yang menjabat Wali Kota di Surabaya ini tak lupa juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas saran dan masukan dari kalangan dewan saat pembahasan RAPBD. Ia menilai, saran dan masukan tersebut sebagai upaya meningkatkan kinerja dalam mengoptimalisasi target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kemudian mengoptimalisasi pemenuhan layanan dan fasilitas publik, serta transparansi anggaran yang tentu membawa kemanfaatan bagi masyarakat dan pembangunan Kota Surabaya ke depannya," kata dia. 

Risma mengatakan, raperda APBD Kota Surabaya Tahun 2020 beserta lampirannya akan disampaikan ke Gubernur Jawa Timur untuk mendapatkan evaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Usai rapat paripurna, suasana gayeng penuh keakraban nampak antara Risma dengan kalangan dewan. Sebelum keluar ruangan, Risma dan para anggota dewan, serta forpimda yang hadir di rapat paripurna melakukan foto bersama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Dylan Carr Jadi Sorotan, Intip 6 Potret Ketampanannya

Posted: 10 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dylan Carr saat ini dalam masa penyembuhan usai mengalami kecelakaan di jalan Tol JORR KM 36 pada akhir Oktober 2019 lalu. Baru-baru ini, Dylan Carr terlihat menunjukkan peningkatan pada kondisi kesehatannya. 

Selama Dylan Carr menjalani perawatan, Terrence Carr, ayah Dylan Carr, tampak aktif memperbarui kabar terkait kondisi kesehatan putranya.

Terrence Carr beberapa kali mengunggah Instagram Story yang berisi catatan terkait kondisi sang anak. 

Sosok ayah Dylan Carr yang disebut-sebut berasal dari Italia ini lantas menjadi sorotan publik. Terrence Carr dinilai memiliki paras tampan yang menurun kepada anaknya. 

Lantas, seperti apa penampilan ayah Dylan Carr tersebut? Berikut enam potretnya ketampanannya.

 

 

1. Temani Syuting

Dylan Carr dan ayahnya, Terrence Carr (Instagram)

Kedekatan ayah dan anak ini terlihat ketika Terrence menemani Dylan di lokasi syuting. Pada foto tersebut, keduanya memancarkan kehangatan lewat senyum yang menghiasi wajah mereka. 

"Me and my beloved father nemenin saya shooting," tulis Dylan Carr.

 

 

2. Bersama Istri

Terrence Carr bersama istrinya (https://www.instagram.com/p/ BMykw-wB69e/)

Wajah bule ayah Dylan Carr terlihat jelas dalam foto yang dibagikan sang istri, Ayu Irza. Sepasang mata biru Terrence Carr melihat ke arah kamera dengan kedua tangannya yang disilangkan di bagian dada. 

Di sampingnya, Ayu Irza tampak cantik dengan balutan hijab bermotif bunga. Sebuah senyuman juga terpancarkan dari wanita yang melahirkan Dylan Carr ini.

 

 

3. Makan Malam

Dylan Carr dan ayahnya, Terrence Carr (https://www.instagram.com/p/ BMynuoNhta1/)

Potret keluarga Dylan Carr lainnya juga diunggah di akun Instagram sang ibu. Dari foto tersebut, terlihat keluarga kecil ini tengah makan malam di sebuah restoran. 

Lengan Ayu Irza nampak merangkul tubuh sang suami. Di sisi kanan mereka, sang buah hati tampak ceria kala menghabiskan waktu bersama kedua orangtuanya.

 

 

4. Rayakan Ulang Tahun

Dylan Carr dan ayahnya, Terrence Carr (https://www.instagram.com/p/ BH4pQl5A6Hr/)

Dalam unggahan foto lainnya, Dylan Carr dan keluarganya terlihat tengah merayakan ulang tahun Terrence Carr. Di sebuah restoran, para anggota tampak menikmati santapan di hadapan mereka. 

"Happy #birthday old man @terryacarr and @renata_frh wish you all the best!" tulis Dylan Carr.

 

 

5. Penampilan Rapi

7 Momen Dylan Carr Diperbolehkan Jalan-jalan Pakai Kursi Roda  (sumber: Instagram.com/karttyfly3424)

Terrence Carr kerap terlihat mengenakan busana rapi dalam beberapa momen yang diunggah di Instagram. Kemeja dan kaus berkerah menjadi ciri khas ayah Dylan Carr tersebut. 

Pada salah satu foto, Terrence Carr nampak berpose di sebuah lokasi yang masih terlihat asri. Kemeja biru muda dan celana jeans melengkapi penampilan pria yang membesarkan Dylan Carr ini.

 

 

 

 

6. Kunjungi Museum Al-Quran Raksasa di Palembang

Dylan Carr dan ayahnya, Terrence Carr (Instagram)

Terrence Carr terlihat mengunjungi Museum Al-Quran raksasa di Palembang pada tahun Oktober 2017 lalu. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram sang istri.

Bersama anggota keluarga lainnya, Terrence Carr tampak menikmati kunjungannya. Terrence dan anggota keluarga lainnya terlihat melepaskan alas kaki mereka saat berada di dalam museum tersebut.

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Revitalisasi JPO, Pemprov Kembali Pakai Dana KLB

Posted: 10 Nov 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Revitalisasi jembatan penyeberangan orang (JPO) Jalan Sudirman rencananya menggunakan dana Koefisien Lantai Bangunan (KLB). JPO itu di antaranya yakni depan Hotel Le Meridien, Universitas Atmajaya dan Dukuh Atas.

"Nanti kita pakai dana KLB," kata Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho saat dihubungi, Senin (11/11/2019).

Rencananya revitalisasi itu dilaksanakan pada akhir November 2019 dan diperkirakan selesai pada Maret 2020. JPO itu rencananya mendapatkan sejumlah fasilitas mulai dari lift hingga lampu pencahayaan.

Sebelumnya, tiga proyek Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) berkonsep modern diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Lokasinya berada di kawasan Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno, dan Senayan.

Pembangunan tiga JPO menghabiskan dana Rp 53 miliar. Dananya tidak bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tetapi memanfaatkan dana Koefisien Lantai Bangunan (KLB).

Dengan dana KLB proses perencanaan, pengerjaan hingga pembangunan diserahkan ke pihak swasta. Sejak era Anies, bukan kali ini saja proyek yang diresmikannya menggunakan dana KLB.

 

Revitalisasi Trotoar

Sebelumnya, revitalisasi trotoar di sepanjang Jl Thamrin-Sudirman juga menggunakan dana KLB dari tiga perusahaan yakni PT MRT, PT Kepland Investama, dan PT Mitra Panca Persada.

"Anggaran total saat ini tersedia, dua perusahaan (PT Kepland Ibvestama dan PT Mitra Panca Persada) itu ya, sekitar Rp 180 miliar, gross, kotor ya, termasuk pajak-pajak, itu Rp 180 miliar," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI, Yusmada Faizal Samad, pada Maret 2018 lalu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelamar CPNS Kategori P1/TL Disarankan Kembali Ambil Tes SKD

Posted: 10 Nov 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyarankan kepada peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 kategori P1/TL untuk kembali mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ketimbang memanfaatkan nilai SKD pada seleksi tahun lalu.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyampaikan, rekomendasi ini diberikan lantaran hanya peserta dengan skor SKD terbaik yang akan diambil pada perekrutan CPNS 2019

"Saya tentu menyarankan mereka boleh ikut lagi. Karena yang diambil skor terbaik. Kalau skor (peserta SKD) 2019 lebih tinggi dari tahun lalu, maka yang diambil skor 2019. Jadi yang diambil skor terbaik," ujar dia saat sesi konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Peserta P1/TL sendiri merupakan mereka yang telah lolos passing grade SKD pada seleksi sebelumnya. Secara ketentuan, peserta kategori P1/TL diberikan peluang menggunakan nilai terbaik antara nilai SKD tahun 2018 dan nilai SKD tahun 2019 sebagai dasar untuk dapat mengikuti tahap selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Secara sistem, nilai SKD tahun 2018 sah digunakan oleh pelamar apabila nilai SKD tahun 2018 memenuhi nilai ambang batas SKD tahun 2019 untuk jabatan dan jenis formasi yang akan dilamarnya.

Kemudian, kualifikasi pendidikan pada formasi jabatan yang dilamat tahun 2019 juga harus sama dengan kualifikasi pendidikan yang telah digunakan pada saat pelamaran tahun 2018.

Bagi pelamar P1/TL yang memutuskan untuk kembali ikut SKD di CPNS 2019 dan memenuhi nilai ambang batas, maka nilai SKD yang digunakan adalah nilai terbaik antara nilai SKD tahun 2018 dengan nilai SKD tahun 2019.

Sementara apabila nilai SKD tahun 2019 tidak memenuhi nilai ambang batas, maka nilai yang digunakan adalah nilai SKD tahun 2018.

Portal Pendaftaran CPNS 2019 Sudah Bisa Diakses

Calon pendaftar mencoba mengakses situs Sistem Seleksi CPNS 2018 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Pemerintah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada hari ini. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan jika portal pendaftaran CPNS sudah bisa diakses pada pagi hari.

Namun demikian, untuk pendaftaran CPNS sendiri baru resmi dibuka pada pukul 23.11 WIB, malam hari.

"Pagi ini portal SSCASN sudah bisa dibuka ya, silahkan dicoba. Namun pendaftaran akan dimulai tetap pukul 11.11 nanti malam," ujar BKN dikutip dalam keterangan di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Meski belum bisa melakukan pendaftaran, para pelamar CPNS bisa mengetahui informasi terkait CPNS 2019 melalui situs tersebut. Dengan demikian, para pelamar bisa mempersiapkan secara lebih matang untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini.

"Sudah banyak loh info yang bisa dipelajari di portal," kata BKN. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Totalitas Banget, 7 Seleb Hollywood Ini Rela Perankan Karakter Beda Gender

Posted: 10 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang aktris ataupun aktor tentu saja selalu dituntut untuk tampil professional. Meskipun ada yang mengambil peran setelah memilih-milih karakter, akan tetapi ada juga yang menerima karakter yang ditawarkan oleh sang produser ataupun sutradara.

Beberapa artis bahkan rela memerankan karakter berbeda demi menambah pengalaman dalam berakting. Namun, ada pula yang rela untuk memerankan karakter beda gender.

Para selebritis ini juga tampil totalitas saat bermain peran dalam karakter beda gender. Seperti yang dilansir Liputan6.com dari Brightside, Senin (11/11/2019) selebritis Hollywood ini rela memerankan karakter beda gender demi sebuah film.

Tak sedikit pula netizen yang dibuat terkejut oleh penampilan para selebritis ini. Penasaran bagaimana penampilan para selebritis Hollywood saat tampil memerankan beda gender? Berikut Liputan6.com rangkum dari Brightside, Senin (11/11/2019) para selebritis yang rela perankan karakter beda gender.

1. Penampilan Angelina Jolie di film Salt ini bikin pangling.

Seleb perankan beda gender (Sumber: Brightside)

2. Ada pula Gael Garcia Bernal di film La mala educacion yang tayang 2004 lalu.

Seleb perankan beda gender (Sumber: Brightside)

3. Banyak netizen yang tak menyangka jika Eddie Redmayne rela memerankan karakter beda gender loh.

Seleb perankan beda gender (Sumber: Brightside)

4. Elle Fanning juga pernah mengambil peran beda gender di film 3 Generations pada 2015 lalu.

Seleb perankan beda gender (Sumber: Brightside)

5. Hilary Swank pernah mengambil peran sebagai seorang pria di film Boys Don't Cry.

Seleb perankan beda gender (Sumber: Brightside)

6. John Travolta juga pernah memerankan karakter beda gender pada film Hirspray yang tayang 2007 lalu.

Seleb perankan beda gender (Sumber: Brightside)

7. Pada film komedi She's the Man, Amanda Bynes juga berperan sebagai sosok anak laki-laki.

Seleb perankan beda gender (Sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Kini Miliki Wisata Kuliner Timur Tengah

Posted: 10 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, tak perlu lagi bingung jika ingin menikmati aneka sajian kuliner Timur Tengah di Banyuwangi. Arabian Street Food (Arasfo) yang digelar di sepanjang Jalan Bangka, Kelurahan Lateng, Banyuwangi, menjadi jawabannya. Pasar kaget yang dibuka tiap Kamis sore, antara pukul 16.00 hingga 21.00 itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (31/20/2019).

"Ini menjadi alternatif wisata kuliner baru di Banyuwangi. Kita bisa menikmati aneka ragam makanan khas Timur Tengah tanpa perlu bingung-bingung lagi," ungkap Anas.

Dengan adanya Arasfo tersebut, imbuh Anas, melengkapi pasar wisata dengan segmentasi khusus yang kini dikembangkan di beberapa titik di Banyuwangi. Seperti Pasar Wit-Witan di Alasmalang, Singojuruh yang menyajikan makanan khas Banyuwangi dan aneka pasar jajanan yang tersebar di berbagai desa.

"Ke depan perlu dikembangkan beragam pasar kuliner khusus lainnya, seperti sentra sea food dan lain sebagainya," terangnya.

Sajian yang tersedia di Arabian Street Food tak kurang dari 126 menu yang terbagi dalam 29 lapak. Mulai dari makanan berat seperti nasi kebuli, mandhi, briyani, nasi rempah, nasi kichery, sate, kaldu, gulai hingga kambing guling. Tak ketinggalan juga tersedia aneka kudapan macam roti maryam, kebab, sambosa, basjia, shawarma, fatira, foul dan tamis.

Minuman ala negeri gurun itu pun juga tersedia. Seperti kopi Arab, naknak, pokak, kopi Turki, dan aneka ragam teh. Bercampur dengan sajian khas lainnya semacam madu, gandum dan kurma.

"Semua yang berjualan merupakan warga lokal Kampung Arab Banyuwangi," ujar Penasehat Arasfo As'ad Muhammad Nagib, "Ini untuk meningkatkan ekonomi warga," ujarnya.

Lebih lanjut, As'ad menjelaskan, jika para penjual yang ada terbagi dalam dua kategori. Ada yang merupakan penjual profesional yang buka tiap hari. Juga terdiri dari para warga yang memang memiliki kemampuan menyajikan kuliner Timur Tengah, akan tetapi tak membuka warung khusus.

"Perbandingannya, 40 persen yang punya warung khusus dan buka tiap hari. Sedangkan yang insedental dan hanya menerima pesenan sekitar 60 persen," paparnya.

Salah satu contoh penjual yang memiliki warung permanen adalah Dapoer Umma. Warung beralamat di Jalan Batur, 39 ini, menyajika aneka makanan Arab setiap hari. Begitu pula dengan Sejiwa Arabic Culiner di Jalan Bangka, 27. Sedangkan penjual insedental yang hanya menerima pesanan adalah Dapoer Mumtaz, Yamani dan beberapa stand lainnya.

Hamidah, owner dari Yamani, mengaku senang dengan adanya Arabian Street Food ini. Ia yang berasal dari Hadramaut ini, merasa bisnis yang digelutinya semakin ramai. "Selama ini hanya menerima pesanan saja. Tak punya warung khusus. Semoga dengan ini (Arasfo) pelanggan saya semakin bertambah," harapnya.

Arasfo sendiri tak hanya menyajikan kuliner. Akan tetapi, juga menampilkan beragam sisi tradisi Timur Tengah. Seperti musik dan tarian. Beragam kosmotik pun ada. Semacam henna, lulur, celak dan dupa aroma terapi. Hampir semua yang berbau Arab ada di sini.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Pemprov DKI Mengulang Kembali Kejayaan Rumput Laut di Kepulauan Seribu

Posted: 10 Nov 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang tidak tahu jika dulu Kepulauan Seribu merupakan salah satu daerah penghasil komoditas rumput laut berkualitas baik di Indonesia. Ingin mengulang kembali kesuksesan tersebut, Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Husein Murad, pada tahun 2019 ini mengembangkan aktivitas budidaya rumput laut di empat pulau, yakni Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Lancang.

Sebagai tahap awal, Pemkab Administrasi Kepulauan Seribu sudah membagikan 4.000 kg benih rumput laut yang berasal dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.

"Aktivitas ini (budidaya rumput laut,red)  harus diaktifkan kembali, karena potensi ekonominya masih sangat besar, terutama karena Indonesia mengandalkan komoditas rumput laut menjadi komoditas andalan untuk ekspor," kata Husein beberapa waktu lalu.

Pemkab Administrasi Kepulauan Seribu juga terus melakukan sosialisasi usaha budidaya rumput laut di sejumlah pulau, terutama empat pulau yang dijadikan percontohan. Dengan sosialisasi, diharapkan masyarakat bisa lebih memahami manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan.

"Harap kami, kegiatan yang kita lakukan sekarang bisa lebih baik dari masa kejayaan rumput laut 22 tahun lalu," Husein menambahkan.

(Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Terkait dengan kondisi perairan di Kepulauan Seribu untuk mendukung budi daya rumput laut, Kepala Seksi Kelautan dan Perikanan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Risnadi mengatakan, kondisi perairan di pesisir Pulau Pari dan Pulau Panggang masih sangat bagus dan menjadi lokasi yang pas untuk produksi rumput laut.

"Produksi rumput laut itu sebenarnya sederhana dan mudah dilaksanakan oleh siapa pun. Namun, produksinya sangat bergantung pada kualitas air lautnya. Jika tercemar, sudah pasti itu tidak akan tumbuh dengan baik," jelas Risnadi.

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Pepen Kuswandi mengatakan, saat ini ada lebih dari 50 orang yang sudah menanam rumput laut di sekitar perairan Karang Lebar dan beberapa di antaranya sedang membentuk kelompok budidaya rumput laut. Perairan Karang Lebar tersebut memiliki kondisi yang baik.

"Tahun ini petani budidaya rumput laut di Pulau Panggang mulai kembali bersemangat. Kami harap bisa mengulang kembali kejayaan rumput laut tahun 90an lalu," kata Pepen penuh harap.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Dipermak April 2020

Posted: 10 Nov 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Proses pengembangan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, sebagai destinasi wisata anyar yang ikonik terus berjalan. Pelabuhan penyeberangan jalur Banyuwangi-Bali yang melayani lebih dari 13 juta orang per tahun itu bakal dipermak mulai April 2020.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas membahas rencana itu bersama Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspitadewi, Kamis (31/10/2019). ASDP adalah BUMN yang mengelola pelabuhan tersebut.

"Saat ini sudah tahap studi kelayakan. Target kami, pembangunan dilakukan mulai April 2020," kata Ira.

Ira menjelaskan, pengembangan Pelabuhan Ketapang sebagai destinasi wisata baru di Banyuwangi merupakan komitmen ASDP untuk ikut memajukan pariwisata daerah.

"Kami melihat keseriusan Banyuwangi yang telah berbenah menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Untuk itu ASDP tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Kami pun ingin mengubah posisi penyeberangan dari sekadar tempat transit menjadi destinasi wisata," terang Ira.

"Jadi kita ingin konsepnya dibalik, bukan lagi penyeberangan menjadi tempat transit untuk ngopi atau makan saja, tapi Pelabuhan Ketapang sebagai destinasi wisata yang bisa melayani penyeberangan," imbuhnya.

Pada proses pengembangan tersebut bakal dilakukan penambahan infrastruktur penunjang seperti kafe dan restoran dengan arsitektur lokal yang unik, serta pembuatan lansekap yang pastinya menarik bagi wisatawan. 

"Kami melibatkan arsitek Gregorius Supie yang telah tersohor. Bangunannya nanti mengadopsi kekhasan kebudayaan lokal," paparnya.

Dari sisi pelayanan, dia menambahkan, juga bakal dibuat semakin nyaman dengan dilakukan digitalisasi seperti automatic ticketing. "Pelabuhan Ketapang akan menjadi lebih modern sekaligus menjadi destinasi wisata ikonik," ujarnya.

Ira menambahkan, pengembangan Pelabuhan Ketapang itu untuk menyambut lonjakan wisatawan yang bakal terjadi setelah Tol Trans Jawa rampung hingga Banyuwangi. "Pelabuhan Ketapang akan menjadi wajah baru Banyuwangi yang memesona sebagai pintu gerbang Pulau Jawa dari kawasan timur Indonesia,"ujar Ira.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas merespons positif pengembangan Pelabuhan Ketapang. Itu sesuai program Banyuwangi bahwa setiap tempat adalah destinasi, dan setiap program adalah atraksi.

"Tadi kami menitipkan peradaban dan kebudayaan lokal dalam derap pembangunan ekonomi yang cukup pesat melalui arsitektur khas kebudayaan lokal, juga kuliner-kuliner lokal bisa diangkat di destinasi pelabuhan tersebut untuk semakin menggerakkan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Pada 2018, total 13,4 juta penumpang pada jalur penyeberangan Banyuwangi-Bali. Total ada 2,5 juta kendaraan roda empat dilayani jalur tersebut. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Harga Properti di Triwulan III 2019 Naik 0,5 Persen

Posted: 10 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia mengindikasikan pertumbuhan harga properti residensial di pasar primer pada triwulan III 2019 masih terbatas.

Hal ini tercermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada triwulan III 2019 yang masih tumbuh terbatas sebesar 0,50 persen (qtq) dibandingkan dengan 0,41 persen (qtq) pada triwulan sebelumnya. Pada triwulan IV 2019, pertumbuhan IHPR diprakirakan sedikit melambat menjadi 0,45 persen (qtq).

Di tengah pertumbuhan harga yang terbatas, penjualan properti residensial pada triwulan III-2019 tumbuh sebesar 16,18 persen (qtq), lebih tinggi dari kontraksi -15,90 persen (qtq) pada triwulan sebelumnya.

Peningkatan penjualan properti residensial terutama didorong oleh kenaikan penjualan pada rumah tipe kecil dan tipe besar, sedangkan penjualan rumah tipe menengah masih terkontraksi.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa pembiayaan pembangunan properti residensial oleh pengembang masih ditopang oleh kemampuan finansial perusahaan, tercermin dari porsi penggunaan dana internal developer yang mencapai 60,44 persen.

Sementara untuk pembelian properti residensial oleh konsumen, mayoritas (76,02 persen) menggunakan fasilitas KPR dari perbankan.

Milenial Sulit Kaya Akibat Harga Rumah Mahal?

Ilustrasi investasi Properti (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Analisis terbaru menunjukkan perbedaan kekayaan Generasi Y (milenial) dan generasi pendahulunya yakni Generasi X (babu boomer). Mahalnya harga rumah menjadi satu faktor yang menyulitkan milenial mengumpulkan kekayaan.

Melansir CNBC, pemuda berusia 20-35 tahun di AS pada tahun 1998 memiliki rata-rata kekayaan USD 103.400, sementara pemuda berusia 20-35 tahun pada zaman sekarang memiliki USD 100.800.

Harga rumah di AS yang ikut makin mahal pun ikut menjadi masalah. Kini, nilai median rumah adalah USD 227 ribu. Angka itu melambung dua kali lipat ketimbang tahun 1990 ketika harga median rumah USD 101.100 (sudah disesuaikan inflasi).

"Kondisi para pemuda dari 20 tahun yang lalu sangatlah berbeda," jelas Mandi Woodruff, eksekutif direktur dari situs kredit Magnify Money yang melakukan analisis.

Masih di AS, masalah finansial para milenial turut diperberat oleh harga kuliah yang makin mahal. Pemuda pun terpaksa meminjam utang mahasiswa (student debt) sebesar puluhan ribu dolar atau ratusan juga.

 

Menabung

Ilustrasi Investasi Properti (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Perencana keuangan dan wakil presiden senior bank UBS Paula Mogan mengajak agar para milenial terus menabung. Usia milenial yang masih muda disebutnya sebagai aset untuk bersiap.

"Menambung, menabung, menabung, karena selama 30 sampai 40 tahun ke depan hal itu akan membantumu meraih keamanan finansial yang kamu inginkan," ujarnya.

Mogan pun mengajak para milenial untuk menyiapkan dana darurat untuk enam bulan ke depan, membuat anggaran khusus untuk membeli rumah atau biaya pernikahan, dan jeli dalam menggunakan benefit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Online Dating, Gimana Caranya Nolak Diajak Tidur Bareng?

Posted: 10 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beragam aplikasi memang diciptakan untuk membantu penggunanya nyaris dalam segala hal, termasuk mencari jodoh alias pasangan hidup.

Berbagai aplikasi pencarian jodoh atau aplikasi online dating seperti Tinder dan sejeisnya memang ditujukan buat para jomblo untuk menemukan pendamping.

Meskipun sudah dipermudah, kamu harus tetap waspada dengan kejahatan yang bisa ditimbulkan dari kencan online tersebut. Keterbukaan di Internet seperti saat ini memang dapat membuka peluang bagi orang yang tidak punya niat baik.

Pada kesempatan kali ini Auntie A akan membagikan tips-tips. Salah satunya, bagaimana jika teman kencan online kamu mengajak tidur bersama. Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel AsmaraKu hanya di Vidio.

 

Saksikan Videonya di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Siap Hadirkan Wisata Kuliner Khas Timur Tengah

Posted: 10 Nov 2019 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata kuliner di Banyuwangi bakal bertambah. Ini seiring dengan rencananya dibukanya Arabian Street Food Festival. Kawasan kuliner yang menawarkan sensasi makanan khas Timur Tengah.

Destinasi wisata kuliner ini berada di Lingkungan Kampung Arab, Kelurahan Lateng, Banyuwangi. Jalan di kawasan Kampung Arab ini bakal disulap menjadi jujugan kuliner bernuansa Timur Tengah pada Kamis besok (31/10/2019). 

"Wisata ini bakal menambah alternatif kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Warga etnis Arab yang ada di Banyuwangi siap menyuguhkan makanan khas-nya dalam festival tersebut," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu (30/10/2019). 

Arabian Street Food festival ini bakal digelar satu pekan sekali, tepatnya setiap Hari Kamis. Berbagai kuliner Timur Tengah bakal disuguhkan di ajang ini. Di antaranya Nasi Kebuli, Nasi Mandih, Nasi Briyani, Sate, Kaldu Kambing, Gulai Kambing, dan Kambing Guling. Jajan khas Timur Tengah pun juga akan dihadirkan. Di antaranya Sambosa, Roti Maryam hingga berbagai jenis Kebab. 

"Pastinya yang suka kuliner Timur Tengah bakal bisa merasakan sensasinya. Tentu dengan harga yang terjangkau karena dibuat seperti pasar rakyat di sini," kata Anas. 

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda, Arabian Street Food Festival menambah destinasi kuliner yang sejak dua tahun ini terus dikembangkan oleh Kabupaten Banyuwangi. 

"Sudah ada puluhan lokasi kuliner yang terdaftar di kami. Sebagian besar (pasar kuliner) muncul dari warga. Seperti di Kemiren ada jenis kuliner pagi, di Olehsari juga ada tapi malam hari," tambahnya. 

Selain makanannya, kata pria yang biasa dipanggil Bram ini, Arabian Street Food Festival ini juga sangat strategis. Karena letaknya di tengah kota Banyuwangi. 

"Terus akan kita galakkan destinasi wisata kuliner di Banyuwangi. Kita buat destinasi kuliner pelosok desa hingga di tengah kita untuk memberikan pilihan kepada wisatawan," pungkasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Jenis Mobil Grabcar 2019 Agar Bisa Memenuhi Syarat untuk Bergabung

Posted: 10 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenis mobil Grabcar 2019 penting diketahui bagi Anda yang berencana ingin bergabung dengan mitranya. Penting untuk mengetahui jenis mobil Grabcar 2019 karena kerap memiliki persyaratan yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Jenis mobil Grabcar termasuk ke dalam persyaratan jika Anda ingin bergabung dengan mitranya. Selain jenis mobil Grabcar 2019, ada beberapa persyaratan daftar Grabcar lainnya seperti pengemudi itu sendiri, syarat kendaraan hingga syarat smartphone yang sebaiknya digunakan.

Tahun produksi mobil sangat berpengaruh karena Grab mempunyai beberapa aturan. Selain itu, jenis mobil Grabcar 2019 juga perlu diperhatikan, karena termasuk ke dalam tiper tertentu.

Penting untuk benar-benar memerhatikan jenis mobil Grabcar 2019 karena selain sebagai syarat pendaftaran, juga untuk mempertimbangkan memilih mobil tersebut sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa jenis mobil Grabcar 2019 beserta rekomendasi mobil yang bisa Anda pilih, Senin (11/11/2019).

Jenis Mobil Grabcar 2019 yang Bisa Dimiliki

Jenis Mobil Grabcar 2019 (foto: shutterstock.com)

Sebelum Anda mendaftarkan diri untuk bergabung ke Grabcar, penting untuk memerhatikan jenis mobil Grabcar 2019. Hal ini dikarenakan setiap tahunnya Grabcar memiliki ketentuan berbeda-beda untuk jenis mobil yang dibutuhkan. Berikut ulasannya:

1. Jenis mobil Grabcar 2019 pertama yang perlu diketahui adalah pastikan mobil Anda sudah berusia maksimal 5 tahun. Maksudnya adalah apabila mobil berumur di atas batasan tahun tersebut berarti belum bisa digunakan untuk mendaftar Grabcar online ataupun offline. Jika dihitung per tahun 2019 ini, maka kendaraan dengan STNK tahun 2014 ke atas yang bisa digunakan untuk mendaftar Grabcar 2019.

2. Jenis mobil Grabcar 2019 seperti MPV atau mobil keluarga & SUV. Untuk pilihan mobil jenis MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, APV, Xpander, Honda Mobilio, Kijang Innova, dan Nissan Granda Livina.

Sedangkan pilihan untuk jenis mobil SUV seperti Terios, Rush, CRV, BRV, dan kendaraan roda empat sejenisnya.

3. Jenis mobil Grabcar 2019 yang ketiga adalah disesuaikan dengan kapasitas CC yang telah direvisi oleh Kementerian Perhubungan. Awalnya 1300 CC menjadi 1000 CC ke atas. Jadi, untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC).

Mobil LCGC ini dirasa pas untuk dijadikan mobil untuk taksi oline. Hal ini dikarenakan harganya tergolong lebih murah. Beberapa jenis mobi LCGC seperti Calya, Sigra, Brio, Datsun Go, Alya, Agya, Karimun Wagon R masih bisa memenuhi syarat ini.

Rekomendasi Mobil Grabcar 2019: Toyota Avanza

Toyota Avanza (TAM)

Mobil Toyota Avanza sudah tidak diragukan lagi. Toyota Avanza sudah cukup populer di tengah masyarakat. Mobil yang terbilang cukup murah ini banyak dipilih dan digunakan karena irit dan cocok untuk dijadikan mobil keluarga.

Maka tak heran kalau mobil ini banyak dipilih untuk dijadikan sebagai kendaraan online seperti Grabcar ini. Mobil untuk Grab Toyota Avanza punya kapasitas 6 orang penumpang dengan desain kabin yang luas serta jok yang empuk. Sehingga akan memberi kenyamanan untuk penumpangnya.

Untuk tenaganya, mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1329cc 1.3L DOHC dengan sistem transmisi automatic. Mesinnya memiliki kekuatan setara 95 kali tenaga kuda dan torsi maksimal 121 Nm.

Mesin 4 silinder dengan suplay bahan bakar Fluel Injection yang lebih hemat konsumsi bahan bakar. Tangkinya memiliki kapasitas 45 liter sehingga tidak khawatir kehabisan bahan bakar.

 

Rekomendasi Mobil Grabcar 2019: Toyota Calya

Toyota Calya sang raja LCGC

Untuk varian mobil murah ramah lingkungan (LCGC) yang menawarkan mesin irit dan harga terjangkau, Anda bisa memiliih Toyota Calya. Jenis mobil untuk Gocar Toyota Calya menawarkan bodi yang besar dan mampu menampung hingga tujuh orang penumpang di dalam kabinnya.

Toyota Calya mengusung mesin Dual VVT-I dengan kapasitas 1.197 cc dengan varian sistem transmisi otomatis dan manual. Selain itu, Toyota Calya juga mempunyai rem ABS dan Dual SRS Airbag serta memiliki Rear AC Circulator untuk menjaga suhu dalam kabin tetap stabil.

Rekomendasi Mobil Grabcar 2019: Toyota Rush

Toyota Rush

Sedangkan untuk tipe SUV kamu bisa memilih Toyota Rush. Varian mobil Grabcar ini tergolong murah. Jenis mobil ini mampu menampung penumpang hingga tujuh orang penumpang dengan kursi yang empuk dan hiburan multimedia yang mumpuni.

Termasuk sebuah mobil SUV yang murah, namun mesinnya tak boleh diragukan. Mesin yang digunakan memiliki transmisi manual lima percepatan dengan kapasitas 1495cc 1.5L DOHC yang menghasilkan kekuatan setara 108 kali tenaga kuda dan torsi maksimal 142Nm.

Rekomendasi Mobil Grabcar 2019: Honda Mobilio

Honda Mobilio 2019

Mobil Honda Mobilio memiliki desain yang sporty yang elegan. Mesin yang digunakan memiliki transmisi manual lima percepatan dengan kapasitas 1495cc 1.5L DOHC yang menghasilkan kekuatan setara 108 kali tenaga kuda dan torsi maksimal 142Nm.

Mobil jenis ini mampu menumpang kapasitas lima orang dengan desain mewah dan kuallitas premium yang nyaman. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang maksimal seperti Key Type, Wave Key, Immobilizer, dual airbag, dan lain sebagainya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Festival Pasar Tradisional Digelar di Banyuwangi, Berhadiah Sapi, dan Kambing

Posted: 10 Nov 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendorong pengembangan pasar tradisional agar lebih kompetitif, rapi, dan mampu memikat konsumen. Salah satu caranya dengan menggelar Festival Pasar Tradisional yang puncak acaranya digelar di Pasar Wit-witan, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Rabu (30/10/2019).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pasar tradisonal harus terus berbenah agar tetap bisa menarik bagi konsumen di tengah persaingan beragam tempat dan metode berbelanja.

"Misalnya soal kebersihan pasar agar  nyaman untuk berbelanja. Untuk itu, kami menggelar lomba pasar tradisional sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing pasar tradisional," kata Anas.  

Dalam festival pasar tradisional, belasan pasar tradisional yang ada di Banyuwangi berkompetisi menjadi pasar yang paling nyaman untuk berbelanja. Pasar tradisional yang ada di kecamatan dinilai oleh tim juri independen. Mulai dari sisi kebersihan, pengelolaan sampah, hingga sarana dan fasilitas yang disediakan pasar tersebut.

"Inilah salah satu alasan kami menggelar event ini. Kami ingin mengubah kesan, menjadikan pasar tampil bersih sehingga nyaman sebagai tempat transaksi belanja. Apalagi kini sudah mulai banyak wisatawan yang menjadikan pasar sebagai bagian dari city tour. Tentunya, ini memaksa pasar harus membenahi tempatnya," kata Anas.

Selain itu, Anas mendorong tumbuhnya pasar tradisional sebagai bentuk melestarikan warisan budaya. Pasar tradisional dinilai menjadi representasi wajah daerah.

"Banyak nilai baik yang terkandung. Pasar tradisional memungkinkan ada tegur sapa pedagang dan pembelia, sehingga ada keakraban. Beda dengan pasar moderen yang interaksinya kaku. Ada budaya silaturahim di pasar tradisional," kata Anas.

Juara pertama dalam lomba antarpasar di ajang Festival Pasar Tradisional ini adalah Pasar Blambangan dengan hadiah sapi, juara kedua Pasar Banyuwangi dengan hadiah tiga ekor kambing, dan juara ketiga Pasar Genteng yang mendapat hadiah dua ekoor kambing.

"Sapi dan kambingnya bisa disembelih, dimakam bareng-bareng, sehingga makin menambah keguyuban antarpedagang, makin kompak ke depan untuk sama-sama berbenah. Sekaligus sapi dan kambingnya bisa dinikmati dalam tasyakuran sederhana, agar rezeki terus mengalir ke pasar tradisional," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, juga diluncurkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pasar yang tujuannya untuk menata manajemen pedagang pasar. Bekerja sama dengan Bank Jatim, lewat sistem tersebut, data pedagang dan retribsuinya bisa terpantau dengan baik secara real time.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Prabowo Rapat Perdana dengan Komisi I DPR

Posted: 10 Nov 2019 09:05 PM PST

Ketua Komisi I, Meutya Hafid menyambut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengikuti rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020 (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Komisi I, Meutya Hafid menyambut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengikuti rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020 (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Ketua Komisi I, Meutya Hafid bersiap mengikuti rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Ketua Komisi I, Meutya Hafid bersiap mengikuti rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat perdana Komisi I bersama Menhan Prabowo ini membahas rencana kerja dan anggaran Kementerian Pertahanan Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Tanggap Darurat Ijen Diperpanjang

Posted: 10 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemadaman kebakaran di kawasan sekitar Pegunungan Ijen berjalan lancar melalui pengeboman air (water bombing) dari udara. Secara umum kebakaran di Pegunungan Ijen sudah sangat jauh berkurang. Meski titik api sudah titik terlihat, sumber api tetap perlu diwaspadai.

"Meski titik api sementara sudah tidak ada, sumber api yang ada di tanah masih ada. Untuk menanggulangi hal tersebut, proses pemadaman kebakaran hutan lewat udara masih terus kita butuhkan. Sehingga kami memperpanjang status tanggap darurat hingga satu minggu ke depan atau tanggal 4 November," jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat bertemu dengan ratusan penambang belerang dan pelaku ekonomi sekitar Ijen di Paltuding Ijen, Banyuwangi, Senin (28/10/2019).

"Kami sampaikan terima kasih kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemprov Jatim, sahabat-sahabat TNI dan Polri, BKSDA, dan kawan-kawan relawan semua yang telah bahu-membahu menangani pemadaman di kawasan Ijen," imbuh Anas.

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik HZ, Kepala Staf Distrik Militer 0825 Banyuwangi Mayor (Inf) Herawadi Karnawan, Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi Muhammad Mikroj, dan Kepala BKSDA Seksi III Jember Setyo Utomo.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyuwangi (BPBD) Fajar Suasana mengatakan, operasi pemadaman dilakukan melalui darat secara manual dan lewat udara melalui water bombing.

"Water bombing sudah dilakukan dalam dua hari terakhir. Sasaran utama water bombing ialah Cagar Alam Merapi Ungup-Ungup yang ada di kawasan Gunung Ijen," ungkapnya.

Lokasi tersebut dipilih, jelas Fajar, karena kebakaran mengarah ke hutan lindung dan hutan produksi di Kecamatan Kalipuro. Agar api tidak merembet ke sana maka perlu dilakukan penyekatan lewat water bombing.  "Water bombing ini yang paling efektif agar tidak meluas ke sana," jelas Anas.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan dialog dengan pelaku usaha yang bergantung pada pariwisata dan penambangan belerang di Gunung Ijen. Sejak dinyatakan tertutup untuk pendakian per 19 Oktober lalu, aktivitas ekonomi mereka terganggu. Banyak wisatawan yang batal menikmati keindahan api biru (blue flame) yang memancar dari Kawah Ijen.

"Kita hari ini menemui mereka sekaligus ingin memberikan bantuan. Kami berharap, pemadaman bisa sukses, dan kawasan Ijen bisa segera kembali dibuka," kata Anas. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 250 Kios di Pasar Baros Pandeglang Ludes Terbakar

Posted: 10 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran yang melanda Pasar Baros yang terletak di Jalan Pandelang-Serang menghanguskan 250 kios milik warga. Kebakaran diduga akibat puntung rokok, dan masih di dalami oleh kepolisian setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piaggio Perkenalkan Medley 2020, Intip Pembaruannya

Posted: 10 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Piaggio Medley 2020 hadir di EICMA 2019. Beragam pembaruan disemati pada skutik ini, seperti desain, performa hingga fitur-fitur baru.

Langkah penyegaran Piaggio Medley tentu saja perlu dilakukan, demi menarik minat konsumen. Terlebih Medley sendiri rasanya kurang populer. Terlebih jika membandingkannya dengan Vespa, brand satu payung asal Italia yang lebih populer. Kira-kira sama dengan sebarannya di Indonesia. Sementara menghentikan inovasi tentu bukan pilihan. Apalagi Medley sendiri punya desain cukup unik.

Salah satu cara ialah mendandaninya. Secara keseluruhan, penempatan kombinasi headlamp serta sein masih sama. Hanya saja kini lampu utamanya sudah menggunakan jenis LED. Bagian wajah Medley 2020 ini juga terdapat hal baru. Ada air scoop desain honey comb, bersarang diantara lampu sein. Kemudian, desain sepatu alias pelek juga tampak beda. Meskipun ukurannya masih sama, 16 inci di depan dan 14 inci untuk ban belakang.

Menurut Bennetts UK, Medley 2020 tetap mengandalkan sasis tubular berbahan baja. Namun, kerangka itu sudah diperkokoh. Dan, posisinya jadi lebih rendah. Ini berarti, Medley kian bersahabat untuk ditunggangi. Nyaman sekaligus menyenangkan. Mengingat kini juga turut mengaplikasi sistem konektivitas MIA.

Pemilik dapat mudah terhubung langsung dengan Medley 2020. Sama seperti terapan pada Vespa GTS Supertech. Pengguna juga bisa melihat informasi dari smartphone. Sebutlah panggilan telepon, pesan singkat hingga menyetel musik kesukaan via layar digital di panel meter. Jikapun sama seperti GTS Supertech, artinya Medley 2020 bisa diperintah via suara (voice command).

 

Spesifikasi Mesin

Menyoal kenyamanan, sudah pasti merujuk kepada impresi berkendara. Bagian ini bisa jadi bagian paling menggoda dari Piaggio Medley. Performanya kian baik. Pihak R & D Piaggio Eropa dikabarkan melakukan ubahan besar pada sektor jantung mekanis. Terjadi pada varian Medley 125 maupun Medley 150. Meliputi penggunaan casting baru, valve lebih besar, chamsaft dan rockers arm lebih ringan.

Untuk Piaggio Medley 150, tenaganya kini 16,46 Tk di 8.750 RPM. Torsi maksimalnya 14,9 Nm pada putaran mesin 6.500 RPM. Sedangkan untuk Medley 125, output-nya 14,75 Tk di 9.000 RPM dan torsi 11,9 Nm di 6.500 RPM. Peningkatan itu tak lepas dari sentuhan baru pada bagian piston, injektor, air box hingga throttle body. Ubahan ini tentu kian menyempurnakan sematan i-get engine yang sudah lebih dulu digendongnya.

 

Start and Stop System

Sekaligus melengkapi nilai jual lain dari motor ini, tersedia fitur start & stop system. Sama seperti skutik Jepang sekarang ini, mesin Medley 2020 bakal mati otomatis saat motor berhenti atau idle sekitar 5 detik. Lalu mesin menyala otomatis saat gas dipuntir. Tak kalah penting lagi, daya tampung bagasi. Area di bawah jok ini cukup luas karena memuat dua buah helm.

Deretan perubahan inilah yang membuatnya sekarang punya daya pikat lebih. Semoga saja harganya juga cukup menarik. Dan, menggoda untuk pasar Indonesia. Kita tunggu saja, apakah Piaggio Indonesia membawa model ini?

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reyna Usman: Anggota ILO Miliki Kesamaan Prioritas Kebutuhan Dunia Kerja

Posted: 10 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenewa-Pemerintah Indonesia melalui Kemnaker menghadiri sidang Governing Body (GB) International Labour Organization (ILO) di Jenewa, Swiss yang berlangsung 28 Oktober hingga 7 Nopember. Agenda sidang GB ILO sesi ke-337, yang didahului dengan Committe on Freedom of Association (CFA) yakni pengesahan hasil risalah GB ILO ke-336 dan mempersiapkan sidang ILO yang akan datang.

Staf Ahli Menaker Bidang Kebijakan Publik, Reyna Usman, selaku delegasi Indonesia mewakili Menaker Ida Fauziyah, mengatakan sidang GB sesi ke-337 diwarnai Police Development. Menurutnya seluruh anggota ILO memiliki banyak persamaan dengan prioritas kebutuhan dunia kerja saat ini di negara masing-masing.

"Dalam kebijakan prioritas kebutuhan dunia kerja, penting melakukan dialog sosial usulan-usulan sektoral tentang multinational Enterprises yg harus didiskusikan dengan unsur Tripartit," kata Reyna Usman melalui keterangan tertulisnya, Jumát (8/11/2019).

 

(foto: @Kemnaker)

Adapun hal-hal dan perkembangan Indonesia dalam pembentukan Indonesia Business and Disabilities, pemerintah Indonesia komitmen dalam peningkatan produktivitas usaha mikro, kecil dan menengah dalam perluasan kesempatan kerja.

"Termasuk mendorong dan menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan antara pekerja/buruh dengan pengusaha di sektor kelapa sawit," katanya.

Reyna menambahkan pihaknya juga telah menyampaikan laporan hasil-hasil perkembangan dan langkah-langkah terkait komitmen pemerintah RI terhadap tindak lanjut hasil Sidang Konferensi Perburuhan Internasional atau Internasional Labor Conference (ILC) ke-108 di Swiss, Juni lalu, tentang resolusi penghapusan kekerasan dan pelecehan di dunia kerja dan resolusi tentang deklarasi ILO untuk Future of Work.

Selain itu, capaian pemerintah yang dinilai sangat positif yakni implementasi pelaksanaan pertemuan regional ILO ke-16 untuk kawasan Asia Pasifik, pada 6-9 Desember 2016 lalu. Bahkan hasil pertemuan Bali Declaration itu, menjadi rujukan bagi pelaksanaan program dan kegiatan ILO dalam mewujudkan kerja layak di negara-negara kawasan Asia-Pasifik.

 

(foto: @Kemnaker)

Reyna mengatakan sejauh ini ILO sering melibatkan Pemerintah RI dalam pembahasan penyusunan standar internasional kerja layak di berbagai sektor yang selanjutnya menjadi rujukan penyusunan kebijakan tenaga kerja bagi di tingkat nasional masing-masing negara.

"Pelibatan tersebut merupakan pengakuan terhadap kuatnya komitmen dan peran Pemerintah RI terhadap terciptanya kerja layak, baik di tingkat nasional, regional maupun global," ujar Reyna.

Dalam kesempatan sidang GB ILO tersebut, Reyna mengatakan Menaker Bangladesh juga sepakat bersama Indonesia mendukung Implementasi program aksi ILO mengenai Kerja Layak dirantai pasok Global.

"Di tengah-tengah sidang, kami sempat berdiskusi dengan Mentri Tenaga Kerja Guatemala terkait komitmen Pemerintah Indonesia dalam Future of Work," kata Reyna.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesta Usai Pilkades, Ngagogo Hingga Gunduli Kepala

Posted: 10 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Garut Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten Garut, Jawa Barat telah usai digelar. 125 Desa berhasil menggelar hajatan 6 tahunan warga desa tersebut, pesta pun digelar.

Ragam kemeriahan warga dan pendukung tak bisa dihindarkan, untuk memeriahkan kemenangan para calon dan jagoan mereka, dalam pencoblosan serentak yang digelar Selasa (5/11/2019) lalu itu.

"Ini bentuk rasa syukur kami, karena kepala desa jagoan kami terpiih lagi," kata Ujang Rahmat (48), warga Desa Sukasenang, di sela-sela acara ngagogo, Ahad (10/11/2019).

Ngagogo atau mencari ikan dengan tangan kosong adalah sebuah pesta kecil masyarakat desa Sukasenang yang senantiasa dipertahankan.

Para sohibul hajat atau pemilik hajatan, dengan sukarela menebar ikan sebanyak mungkin ke kolam, selanjutnya diberikan secara sukarela kepada warga dengan cara menangkapnya sendiri.

Tidak ada hitungan yang diberikan, sehingga para warga berlomba mendapatkan ikan sebanyak mungkin untuk dibawa pulang ke rumahnya.

"Kami senang, apalagi kades kami cukup baik," kata Ujang. 

Menurutnya, selain sebagai rasa syukur dan pesta rakyat, kegiatan ngagogo sengaja digelar sebagai ajang persatuan warga pascapilkades yang dibumbui persaingan dukungan.

"Sekarang waktunya warga berkumpul dan berbagi kebahagiaan," kata dia.

Tak ayal tua, anak-anak, remaja hingga orang tua terlihat bungah mengikuti pesta rakyat itu. Sesekali terlihat tangan-tangan jahit saling melumuri baju mereka dengan lumpur kolam yang cukup pekat.

"Seru dan sangat bermakna sekali untuk mempersatukan masyarakat," katanya.

 

Ragam Kegiatan

Selain ngagogo, sebagai bentuk sukuran kemenangan pilkades, warga Sukasenang juga dengan sukarela menggunduli kepala mereka hingga plontos (Liputan6.com/Jayadi Supriyadin)

Kepala Desa Sukasenang terpilih, Iwan Ridwan menyatakan, selain sebagai bentuk rasa syukur atas kemenangan yang ia peroleh, kegiatan ngagogo berbarengan dengan penyambutan hari pahlawan.

"Ada 2,5 kuintal ikan yang kami tebar untu bisa ditangkap warga," ujarnya.

Menurutnya, pesta demokrasi pilkades serentak cukup menguras energi dan perhatian masyarakat. Para calon yang bertarung ujar dia berlomba mencari dukungan dan simpati dari masyarakat.

"Saya salut mereka kompak membrikan dukungan hingga hari ini pun mereka tetap berswadaya saling membantu," ujar dia.

Calon patahana itu mengatakan, salah satu kunci kemenangan yang ia raih dalam pencoblosan Selasa lalu, karena besarnya dukungan yang diberikan warga selama ia memimpin.

"Saya bersyukur selama Pilkades berlangsung masyarakat tetap kondusif,  tidak ada gesekan yang berarti," ujar dia.

Selain ngagogo, sekitar seribuan warga yang datang, sengaja menggelar acara lainnya, sebut saja menggunduli kepala hingga plontos, makan nasi tumpeng sepuasnya, hingga berbagai perlombaan tradisonal, untuk memeriahkan hari Pahlawan.

"Puncaknya memang hari ini, seru dan menghibur," kata dia.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buat Juri Menangis, Claudia Emmanuela Santoso Jadi Juara The Voice of Germany 2019

Posted: 10 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi prestasi anak bangsa ditorehkan di kancah internasional. Claudia Emmanuela Santoso, gadis asal Cirebon baru saja menjadi juara di The Voice of Germany 2019.

Sejak tahap audisi, penampilan Claudia selalu mencengangkan para juri. Terkenal dengan suaranya yang kuat dan mampu mencapai nada-nada tinggi, dia bisa menaklukkan lagu-lagu yang sulit, seperti "Say Something", "Never Enough" dan "Listen".

Sukses mencapai babak final yang dilaksanakan Minggu, 10 November 2019, Claudia dengan merdu membawakan lagu legendaris dari Whitney Houston berjudul "I Have Nothing". Penuh rasa, juri di The Voice Jerman tersebut sampai sempat menitikkan air mata. Bahkan, Alice Merton selaku juri sekaligus pelatih langsung memeluknya sesaat Claudia selesai menyanyikan lagu tersebut.

Bersaing dengan lima kontestan lain dari Jerman, Claudia berhasil memeroleh hasil voting sebesar 46,39 persen. Sedangkan di posisi kedua, dengan 17,36 persen diduduki oleh peserta bernama Erwin Kintop.

Kemenangan ini langsung diunggah oleh akun Instagram resmi The Voice of Germany. Mereka mengunggah foto Claudia dengan menambahkan keterangan "Selamat, Claudia Manuella memenangkan The Voice of Germany season 9!"

Banjir Ucapan Selamat

Baim Wong dan Claudia Emmanuela Santoso. (dok. instagram.com/baimwong/https://www.instagram.com/p/B4tMSCiHZeI/Novi Thedora)

Kemenangannya ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, tapi seluruh bangsa Indonesia. Memiliki bakat yang luar biasa, Claudia banyak mendapatkan sanjungan dan ucapan selamat.

Salah satunya dari Baim Wong. Suami Paula Verhoeven ini dengan spesial mengunggah foto dirinya bersama Claudia dengan menambahkan keterangan "Sudah Diverifikasi JUARA 1 THE VOICE GERMANY !!! @audi_emmanuela FROM INDONESIA ❤.. Baru dapet kabar tadi !!!BANGGAAA DEEEHH !! BINGUNG MAU NULIS APA !! AKU SAMA PAULA ,TEAM BAPAU DAN BAPAU FAMILY ... SENEEEENGNYAAA GA KETULUNGAN !! APALAGI INDONESIA 🇮🇩. BANGGA PUNYA KAMU AUDY !! LOVEEEEE UUUUUU !!"

Dalam unggahan di Instagram The Voice Jerman, sudah terdapat lebih dari 11,5 ribu tanda suka dan 1.300 komentar yang menyelamatinya, baik dari warga Indonesia maupun warga Jerman. Di YouTube, video Claudia bernyanyi ini sudah ditonton lebih dari 400 ribu kali dan mendapatkan 5,1 ribu komentar.

"Di hari Minggu, tgl 10 November 2019 sbg Hari Pahlawan, Indonesia Mendapatkan kado yang indah dari Putra-Putri Terbaik Indonesia diawali dengan 1. Kemenangan Minions di China Open 2019 4x berturut-turut. 2. Diikuti Indonesia Lolos ke AFC U-19 2020 dgn menahan DPR Korea 1-1. 3. Diakhiri dgn Claudia Juara The Voice of Germany 2019. Thanks God," tulis seorang warganet.

"Terharu banget, selamat yah Claudia kita bangga sbg warga negara Indonesia yg selama ini sllu menyaksikan kamu.. trimkasih sudah bekerja keras sampai jadi juara. Sekali lagi congratulation!!" tambah yang lainnya. (Novi Thedora)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam Sejam, Alibaba Raup Rp 168 Triliun di Hari Belanja 11.11

Posted: 10 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Shanghai - Platform e-commerce Alibaba memecahkan rekor pada hari 11.11 di China. Pada satu jam pertama, Alibaba berhasil meraup 84 miliar yuan atau Rp 168 triliun (1 yuan = Rp 2.005).

Menurut CNBC, Senin (11/11/2019), Alibaba berhasil mencetak penjualan sebesar USD 1 miliar hanya dalam 68 detik saja. Dan pada sembilan jam pertama, Alibaba meraup 158 miliar yuan (Rp 317 triliun).

Hasil Alibaba dalam satu jam pertama di Hari 11.11 tercatat naik 22 persen dari tahun lalu sebesar 69 miliar yuan. Sementara, dalam sembilan jam pertama naik 25 persen dari tahun lalu, yakni 126 miliar yuan.

Hari 11.11 (atau Singles' Day) juga menjadi trending di media sosial China. Sejak Senin pagi waktu setempat, pengguna Weibo terus membahas soal belanja.

Tahun ini, Alibaba menghadirkan bintang pop Taylor Swift untuk menyambut Hari 11.11 di Mercedes-Benz Arena, Shanghai. Taylor bernyanyi tiga tembang dari album terbarunya Lover dan mendapat sambutan meriah dari audiens.

Alibaba juga mengundang penyanyi lokal seperti Jackson Yee. Pemuda 18 tahun itu juga ikut memeriahkan konser penutup Asian Games di Jakarta.

Alibaba membidik 500 juta pengguna untuk berpartisipasi pada festival belanja ini. Target itu naik 100 juta dari tahun sebelumnya. Ini juga Hari 11.11 yang pertama tanpa kehadiran Jack Ma yang baru saja pensiun.

11.11 Jadi Hari Belanja Online Terbesar, Ini Cerita di Baliknya

Buat yang suka belanja di online shop, hati-hati dengan modus penipuan baru yang meminta cashback. (Ilustrasi: Pexels.com)

Festival belanja online pada 11 November atau 11.11 menjadi hari yang ditunggu para penggila diskon. Hari Singles Day itu awalnya diperingati di China, namun kini menjalar ke sejumlah negara Asia lainnya, seperti Indonesia.

Singles Day 11.11 mulanya digunakan perusahaan belanja online asal China, Alibaba sebagai strategi peluang besar bagi toko dan pembeli. Namun, karena ternyata antusiasme pembelinya tinggi, sejumlah perusahaan serupa memanfaatkan 11.11 sebagai strategi serupa.

Para penjual pun beramai-ramai mengiklankan barang dagangannya di situs media sosial untuk mempromosikan jualannya dengan setengah harga.

Melansir dari World Street Journal, pemerintah juga turut membuat regulasi atas peringatan tambahan terhadap iklan yang menyesatkan atau vulgar.

Bagi ratusan pembeli, kesempatan belanja online terbesar ini adalah tantangan yang cukup berat karena harus bersaing agar tak kehabisan kuota.

 

Ide Alibaba

Ilustrasi belanja/copyright shutterstock

Singles Day awalnya dicetuskan pada 2009 oleh Chief Executive Alibaba, Daniel Zhang, yang baru-baru ini juga mengambil peran sebagai ketua eksekutif setelah co-founder Jack Ma pensiun.

11.11 dimaksudkan sebagai semacam Hari anti-Valentine yang jadi kesempatan bagi bujangan untuk berbelanja sendiri.

Promosi ini berkontribusi untuk menjadikan perusahaan Alibaba China paling bernilai, dengan sekitar dua pertiga pasar e-commerce negara tersebut.

Penjualan Singles Day 2018 mencapai $ 30,8 miliar, naik 27% dari 2017 dan melebihi dari hari belanja online di AS yakni, Black Friday dan Cyber ​​Monday bila digabungkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes Buka Lowongan CPNS, Tersedia 2.205 Formasi

Posted: 10 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI juga membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2019. Pada tahun 2019 alokasi formasi tenaga kesehatan yang dibutuhkan berjumlah 2.205 dengan beragam jabatan.

Menilik laman resmi cpns.kemkes.go.id, lowongan CPNS di lingkungan Kemenkes ada beberapa formasi yang membutuhkan jumlah banyak. Misalnya untuk Dokter Ahli Pertama atau Dokter Spesialis ada 229 alokasi formasi, Perawat Ahli Pertama 293 alokasi formasi, Perawat Terampil dibutuhkan 199 orang.

Di bidang pendidikan Kemenkes juga membutuhkan banyak Asisten Ahli (Dosen) yakni 171 alokasi formasi. Lalu, bagi yang memiliki latar belakang ilmu komputer juga tersedia jabatan Pranata Komputer Ahli Pertama yang tersedia 93 lowongan.

Kemenkes pun mengingatkan bahwa seleksi penerimaan CPNS Kemenkes 2019 tidak dipungut biaya.

"Dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahap seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain," tulis Kemenkes dalam pengumuman resmi tersebut.

45 Formasi untuk Penyandang Disabilitas

Berdasarkan pengumuman penerimaan CPNS bertanggal 7 November 2019 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi itu. Selain jenis pelamar umur, putra atau putri Papua, lulusan terbaik, juga penyandang disabiltas pun bisa melamar.

Penyandang disabilitas yang dimaksud adalah disabilitas fisik atau berkebutuhan khusus hanya pada kaki/tungkai bawah (ekstremitas bawah), dan tidak mengalami disabilitas untuk fungsi indra, fungsi tubuh bagian atas, dan fungsi mental. Ketentuannya:

a. Mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik

b. Mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan pendapat dan berdiskusi

c. Dapat melaksanakan tugas sesuai jabatan yang dipilih.

Total, untuk penerimaan CPNS 2019 tersedia 45 formasi untuk penyandang disabilitas. Posisi jabatan untuk penyandang disabilitas diantaranya Analis Keuangan, Asisten Ahli, dan Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Pertama.

Tertarik menjajal lowongan penerimaan CPNS Kemenkes?

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: