Kamis, 07 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Burung Langka Hawaii Mati karena Sampah Plastik

Posted: 07 Nov 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Midway Atoll, pulau khusus yang dipenuhi spesies burung laut langka yang berada di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Salah satunya elang laut terbesar di dunia. Namun sayang, keberadaan burung-burung tersebut terancam punah karena sampah plastik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Spesifikasi Oppo Reno3?

Posted: 07 Nov 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Oppo mengumumkan Reno2 pada Agustus lalu, dan kini dilaporkan sedang menyiapkan suksesornya. Informasi tentang smartphone Reno3 pun sudah muncul di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Jumat (8/11/2019), informasi mengenai Oppo Reno3 muncul di jejaring sosial Tiongkok, Weibo. Berdasarkan informasi yanga ada, smartphone tersebut memiliki spesifikasi layar 90Hz, konektivitas dual mode 5G, fitur kamera lebih baik, dan teknologi pengisian daya baterai lebih cepat.

Oppo Reno3 disebut akan memiliki layar AMOLED 6,5 inci dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel, dan refresh rate 90Hz. Selain itu, juga terdapat fitur pemindai sidik jari di dalam layar.

Smartphone ini memiliki empat kamera belakang dengan sensor utama Sony IMX686 60MP. Fitur kameranya antara lain 5x telephoto atau disebut sebagai hybrid zoom, ultra wide, serta sensor black and white.

Spesifikasi lainnya termasuk baterai 4.500mAh dengan teknologi fast charging 30W, prosesor Snapdragon 735, RAM 8GB, opsi memori internal 128GB dan 256GB.

Menurut laporan, harga jualnya akan berkisar USD 475 atau USD 520, berdasarkan kapasitas memori internal.

Oppo Reno 2 Melenggang di Indonesia, Harga Rp 7 Jutaan

Oppo Reno 2. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Sebelumnya, Oppo telah merilis Reno2 di Indonesia. Ada dua model varian Reno terbaru yang dihadirkan, yakni Reno 2 dan Reno 2F.

Untuk pasar Indonesia, Reno2 dibanderol dengan harga Rp 7.999.000. Oppo membuka keran pre-order pada 8 hingga 30 Oktober 2019, sedangkan penjualan perdana telah dilakukan pada 31 Oktober 2019.

Kedua smartphone tersebut hadir dengan empat kamera belakang, serupa dengan tren kamera ponsel pintar saat ini. Meski hadir dengan empat kamera, seri Reno2 tidak hanya fokus ke fotografi, tapi juga videografi.

"Reno2 hadir dengan sejumlah penambahan fitur, tidak hanya untuk fotografi, tapi juga videografi. Kami ingin memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna membagikan kisahnya melalui video," tutur Brand Planning Manager Oppo Indonesia, Stiffen Andika, saat peluncuran Oppo Reno2 di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Masinis Berhenti di Perlintasan untuk Jajan di Warung, Ini Klarifikasi PT KAI

Posted: 07 Nov 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kereta api (KA) merupakan transportasi yang bisa dikatakan spesial. Dimana ia memiliki jalur tersendiri dan ketika kereta api melintas pada sebuah perlintasan yang memotong jalan raya, kereta api akan didahulukan. 

Palang pintu perlintasan akan diturunkan dan kereta api dapat lewat dengan aman tanpa ada menghalangi jalurnya. Namun baru-baru ini beredar video viral diunggah oleh akun media sosial Twitter @Chamberafli, Kamis (7/11/2019).

Dalam video tersebut terlihat masinis yang sedang membawa kresek hitam dari depan sebuah warung dekat perlintasan jalan. Lalu masinis ini pun berjalan menuju dan masuk ke lokomotif yang sedang berhenti pada perlintasan kereta api

Unggahan ini pun jadi viral, karena tidak semua orang tahu akan keadaan di wilayah lokomotif itu berhenti. Sampai saat ini unggahan tersebut telah mendapat 31,8 ribu retweet dan 28,2 ribu like dari netizen. Netizen menuding masinis menghentikan kereta gara-gara beli jajan di warung.

Tak berselang lama dari akun Twitter PT KAI pun memberikan klarifikasi terkait video yang viral tersebut. Berikut ulasan mengenai video viral masinis berhenti di perlintasan kereta untuk jajan yang Liputan6.com kutip dari Twitter @keretaapikita dan @Chamberafli, Jumat (8/9/2019)

Video viral masinis yang jajan saat lokomotif berhenti di perlintasan kereta

Dalam sebua video pendek yang viral tersebut, telihat bahwa masinis berjalan dari dekat warung yang ada di pinggir jalan raya. Selain itu sang masinis juga membawa kantung kresek dan menuju lokomotif.

Hal ini pun bagi netizen yang tidak tahu menahu soal lokasi tersebut pasti akan berfikir negatif. Apalagi cukup banyak pengendara sepeda motor yang menunggu palang kereta untuk dibuka kembali.

Klarifikasi PT Kereta Api Indonesia mengenai video viral masinis jajan dengan lokomotif

Ilustrasi lokomotif (Liputan6.com/Jayadi Supriyadin)

Dalam klarifikasinya melalui akun media sosial Facebook @keretaapikita, PT KAI menyebutkan bahwa penutupan perlintasan kereta tersebut bukan karena menunggu asisten masinis yang terlihat seperti sedang jajan.

"Kami klarifikasi bahwa penutupan perlintasan sebidang tersebut bukan karena sedang menunggu asisten masinis dari Lokomotif CC 206 13 33, melainkan sedang menunggu penumpang naik dan turun kereta di Stasiun Parungkuda, Sukabumi." tulis klarifikasi PT KAI melalui akun Facebooknya.

Selain itu, kejadian tersebut ternyata terjadi, 31 Oktober 2019, yaitu KA Pangrango rute Sukabumi-Bogor dengan nomor 393. Setiap Kereta Api yang berhenti di Stasiun Parungkuda, Lokomotifnya akan menutup Jl. Parakan Salak yang tepat berada di ujung emplasemen stasiun.

Hal tersebut dikarenakan stasiun yang kecil dan emplasemen stasiun yang tidak cukup panjang, sehingga posisi Semboyan 10 G yang merupakan tanda berhenti lokomotif berada sejajar dengan perlintasan sebidang.

Klarifikasi lengkap dari pihat PT Kereta Api Indonesia

KAI Klarifikasi Video Petugas Turun dari Lokomotif di Perlintasan Sebidang Terkait video yang beredar luas di sosial...

Posted by Kereta Api Kita on Thursday, 7 November 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Via Vallen Tak Menyangka dapat 2 Penghargaan di Indonesian Dangdut Awards 2019

Posted: 07 Nov 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dangdut Via Vallen menyabet dua penghargaan di Indonesian Dangdut Awards (IDA) 2019. Ia didapuk sebagai Penyanyi Solo Wanita Terpopuler dan Lagu Dangdut Terpopuler lewat lagu "Selow" ciptaan Nyonk Kunci.

Buat Via Vallen, suatu kehormatan bagi dirinya bisa membawa pulang penghargaan di Indonesian Dangdut Awards 2019. Apalagi, sudah dua tahun berturut-turut Via Vallen mendapatkan penghargaan di ajang tersebut.

"Enggak nyangka ya. Apa lagi kan tahun kemaren sudah dan sekarang dapat lagi," kata Via Vallen di temui di Studio 6 Emtek City, Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (7/11/2019) malam.

Tak Menyangka

(Instagram/viavallen)

Via Vallen mengira dirinya tidak membawa piala dalam ajang tahun ini. Ia berharap ada artis lain yang bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

"Aku ngiranya enggak dapat lagi, dan ada musisi lain yang dapat. Tapi ternyata aku dapat lagi," ujar Via.

Untuk Orangtua

Potret Terbaru Via Vallen dengan Pipi Tembam (Sumber: Instagram/viavallen)

Atas penghargaan yang di dapatkan, Via Vallen mempersembahkannya buat orang terkasih terutama kedua orang tua Via Vallen.

"Ini penghargaan buat keluargaku buat orangtua ku," kata Via Vallen.

Buat Vyanisty

Potret Terbaru Via Vallen dengan Pipi Tembam (Sumber: Instagram/viavallen)

Tak lupa Via Vallen memberikan dua penghargaan yang ia dapat untuk Vyanisty, sebutan untuk para penggemarnya.

"Buat fans juga, buat semuanya yang selama ini dukung Via," katanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Desa Fiktif, Menko Airlangga Bakal Panggil BPK dan Kemenkeu

Posted: 07 Nov 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, akan memanggil Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kementerian Keuangan untuk membahas mengenai kasus desa fiktif. Pihaknya akan melihat seperti apa hasil audit BPK.

"Ya nanti kita lihat dulu karena itu kan kita perlu audit. Kita lihat laporan adudit BPKnya juga," ujar Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (8/11).

Airlangga belum dapat merinci kapan akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait hal ini. Dia memastikan, Kementerian Keuangan sebagai kementerian penyalur anggaran pasti memiliki data.

"Pasti kan dalam penyusunan setiap anggaran. Dikomunikasikan dengan Kementerian Keuangan. Ya nanti saya musti lihat datanya. Nanti, nanti dijadwalkan," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meminta agar pengawasan terhadap transfer dana desa di 2020 bisa lebih diperketat. Mengingat, alokasi yang diberikan di tahun mendatang angkanya jauh lebih besar yakni mencapai Rp72 triliun.

"Dana desa masih sekitar 20 ribu desa tertinggal. Sekarang muncul desa baru tidak ada penduduknya untuk dapat alokasi," kata Sri Mulyani di DPR RI, Jakarta, Senin (4/11).

Melihat kondisi itu, Sri Mulyani menginginkan agar seluruh pemerintah daerah juga ikut mengawasi agar alokasi dana untuk transfer daerah bisa tepat sasaran.

Sri Mulyani berjanji akan menindaklanjuti temuan desa fiktif yang belakangan telah menerima anggaran dana desa dari pemerintah. Dia pun mengaku baru mendengar adanya desa-desa tak berpenghuni tersebut setelah pembentukan Kabinet Indonesia Maju.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Mendagri Tito Minta Polri Usut Desa Fiktif Terkait Dana Desa

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan sambutan saat serah terima jabatan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik Tito Karnavian menjadi Menteri Dalam Negeri  dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. (merdeka.com/Imam Buhori)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengandeng Polri untuk menyelidiki dugaan desa fiktif untuk memperoleh dana desa. Tito mengatakan, polisi telah menerjunkan tim mengusut desa fiktif tersebut.

Menurut dia, ditemukan empat desa fiktif di Sulawesi Tenggara.

"Sudah sudah bergerak, tim kita sudah bergerak ke sana bersama pemda provinsi, Kapolda Sultra Pak Merdisyam sudah tahu juga ini," kata Tito di Mako Brimob Kelapa Dua, Rabu (6/11/2019).

Dia mengatakan, empat desa fiktif ini tidak mempunyai penduduk, tapi mendapat anggaran dari pemerintah.

"Ini kita cek, kita turunkan tim ke sana, mekanismenya selama ini kita serahkan provinsi untuk cek, kita ga memiliki tangan langsung dari Mendagri yang harus cek 70 ribu desa se-Indonesia," ucap Tito.

Oleh karena itu, dia langsung menjalin kerja sama dengan Polda Sultra untuk mengecek kebenarannya. Ia menegaskan, sanksi hukum menanti penerimanya.

"Kalau memang fiktif ada anggaran dan anggaran dipakai padahal enggak ada desanya tinggal proses hukum tindak pidana korupsi, kalau ada pemalsuan KTP fiktif maka pemalsuan KTP kenakan, pidana pemalsuan," ucap Tito.

Tito meminta Kapolda menindak tegas para pelakunya. "Kalau memang fiktif, tindak aja. Baru perbaiki sistemnya," tutup dia soal dugaan korupsi dana desa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Mahathir Mohamad Tak Jadi Mundur Tahun Depan

Posted: 07 Nov 2019 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PM Malaysia Mahathir Mohamad tegaskan tak akan mundur tahun depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Angka Bunuh Diri, Negara Ini Beri Simulasi Kematian untuk Warganya

Posted: 07 Nov 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kematian merupakan hal yang pasti dihadapi semua makhluk hidup. Di dunia ini banyak sekali penyebab kematian. Salah satunya yang sedang marak adalah bunuh diri

Angka bunuh diri di dunia masih cukup tinggi. Jurnal British Medical Journal (BMJ) menyebut 817.000 orang bunuh diri di dunia pada 2016. Ini tahun paling banyak orang bunuh diri. 

Kasus bunuh diri menyebar di hampir semua negara, salah satu negara yang terkenal dengan tingkat bunuh diri yang tinggi adalah Korea Selatan. Sudah menjadi rahasia umum jika warga Korea memiliki tingkat stres yang sangat tinggi.

Saking tertekannya, banyak warga Korea yang memutuskan bunuh diri. Untuk menekan masalah tersebut, banyak upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya dengan membuka usaha penyembuhan mental dengan cara unik.

Pemerintah Korea Selatan diketahui membuat simulasi kematian untuk warganya dengan tujuan sebagai terapi agar warganya lebih menghargai hidup, seperti yang Liputan6.com lansir dari World Of Buzz, Jumat (8/11/2019).

Terapi Mental Unik

Simulasi Kematian di Korea Selatan (sumber: bigthink)

Lebih dari 25 ribu orang ikut serta dalam 'pemakaman massal' di Hyowon Healing Center, Seoul sejak dibuka pada 2012. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup peserta setelah mengikuti simulasi kematian.

"Saat kamu sadar tentang kematian, dan mengalaminya, kamu memiliki pemahaman baru tentang hidup," kata Cho Jae-hee, peserta simulasi. Pemerintah Korea Selatan memberikan simulasi berupa latihan kematian dengan program 'mati bahagia'.

Di sana, partisipan dibuatkan simulasi kematian seolah mereka adalah jenazah yang siap dimakamkan. Mereka akan membuat foto kematiannya sendiri dan memakai baju jenazah yang biasa digunakan ketika upacara kematian di Korea. Tak lupa, mereka menulis surat wasiat dan berakhir dengan tidur di peti mati tertutup selama 10 menit.

Harapan dari Program Simulasi Kematian

Simulasi Kematian di Korea Selatan (sumber: worldofbuzz)

Kepala Hyowon Healing Center, Jeong Younh Mun mengungkapkan dengan terapi unik ini diharapkan orang-orang jadi bisa lebih menghargai hidup, sehingga memiliki kesempatan untuk memperbaiki keadaan. Melalui cara ini juga, Jeong Younh Mun berharap angka kematian warga Korea karena bunuh diri bisa menurun.

"Saya mengajak orang-orang yang pernah terpikir untuk bunuh diri dan membalikkan keputusan mereka," kata Yong Mun.

Hal serupa juga diungkapkan Profesor Yu Eun Sil, ahli patologi dari Asan Medical Center. Ia menekankan pentingnya pengetahuan tentang kematian sejak dini. Korea Selatan berada di peringkat 33 dari 40 negara yang disurvei oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Indeks Kehidupan yang Lebih Baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Seru dari Angkringan ala Yogyakarta di Pinggir Jalan Tokyo

Posted: 07 Nov 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kendati sudah sebegitu lekat dengan Yogyakarta, melihat angkringan di beberapa kota besar di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, bukanlah pemandangan aneh. Tapi, penampakan kedai dengan segala komponen sajian khasnya ini bakal terasa asing saat didapati di pinggir jalan di salah satu sudut Tokyo, Jepang.

Lewat sebuah video yang diunggah akun YouTube Taufik Sanko, Kamis, 7 November 2019, pemandangan tak biasa di trotoar di dekat Ikebukuro Station ini berupa tiga tenda angkringan, lengkap dengan gerobak, lampo petromaks, dan tempat duduk kayu tinggi yang mengelilingi.

Berdasarkan keterangan Taufik, sedari datang, ketiga angkringan ini selalu penuh, bahkan sampai mengularkan antrean. "Sama seperti kebanyakan tempat makan di Jepang. Kalau mau makan, harus antre," jelas lelaki yang diketahui berasal dari Semarang, Jawa Tengah tersebut.

Pelanggan tak hanya orang Indonesia yang tengah berada di Jepang, tapi di beberapa shot, tampak pula warga lokal dengan lahapnya menikmati sajian ala angkringan. Dalam wawancara singkat dengan Taufik, penggagasan angkringan bersama Nowhere Oasis, Jun Kitazawa mengatakan, setidaknya ada lima menu di sini.

"Nasi kucing, ada rasa rendang, nasi goreng, nasi goreng kari, mi goreng, teri, dan tempe," tutur lelaki asal Tokyo, Jepang yang mengatakan tengah tinggal di Yogyakarta tersebut.

Jun berujar, menu di angkringannya memang tak sama persis dengan angkringan di Kota Budyaa. Ketersediaan bahan dan sulitnya mendapat lauk yang sama persis membuatnya putar otak memanfaatkan beberapa menu masih cukup mudah terjangkau.

Ia menambahkan, bukan perihal mudah mendapat izin mendirikan tenda di trotoar jalan. "Ini kan proyek seni rupa. Saya lihat orang Jepang sangat sibuk bekerja. Tidak ada tempat untuk santai seperti ini. Makanya saya bawa (angkringan) ke sini," tuturnya.

Bagaimana Rasanya?

Angkringan di trotoar di dekat Ikebukuro Station, Tokyo, Jepang. (dok. Instagram @kitazawajun/https://www.instagram.com/p/B4gbdZLjRxg/)

Taufik, masih di video yang sama, terlihat bertanya pada beberapa pelanggan angkringan. Beberapa warga lokal menyebut menu yang mereka pesan, yakni rendang, mi goreng, nasi goreng, dan nasi teri. "Ternyata enak juga," tutur salah satunya.

Sementara orang Indonesa yang mencicip angkringan mengatakan, rasanya hampir sama dengan yang ada di Yogykarta. "Hanya saja, rasanya jadi enak karena di sini kan jarang ada angkringan," komentar seorang pelanggan Indonesa. 

Taufik sendiri berkesempatan melahap nasi kucing dengan lauk mi goreng, ampela, dan sedikit sambal. "Nasinya 11-12 dengan yang ada di Indonesia. Cuma kurang pedas saja," komentarnya setelah menyuap sesendok nasi kucing.

Kemudian, terdapat pula klip ketika membayar menu nasi goreng dengan satu teh kemasan yang dihargai 500 yen atau setara Rp64 ribu.

Berdasarkan keterangan yag dituliskan di akun Instagram Jun, @kitazawajun, angkringan di Ikebukuro Station dan Tokyo Metropolitan Theatre masih akan ada sampai 10 November 2019 dan buka dari pukul 15.00--19.00.

Proyek ini nantinya akan diboyong ke Yogyakarta. Angkringan yang dikonsepkan Jun akan dibuka di Taman Budaya Yogyakarta dan beberapa lokasi lain pada 23--30 November 2019 pukul 16.00-20.00.

"Lanskap yang terlahir dari proyek di Tokyo akan dibawa kembali ke Yogyakarta. Angkringan-angkringan di berbagai lokasi di Yogyakarta akan mengadopsi berbagai memori dari Tokyo, sebagai upaya untuk menghadirkan rasa asing pada kehidupan sehari-hari di Yogyakarta," tulisnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Petugas Turun dari Lokomotif di Perlintasan Sebidang, Ini Klarifikasi KAI

Posted: 07 Nov 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang berisi petugas kereta api membawa kantong kresek tengah berjalan dan kemudian naik ke lokomotif yang tengah berhenti di perlintasan sebidang, viral di media sosial. Dalam video, perlintasan tersebut ditutup dan sejumlah kendaraan seperti motor menunggu untuk melintas.

VP Public Relations Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo memberikan klarifikasi bahwa penutupan perlintasan sebidang tersebut bukan karena sedang menunggu asisten masinis dari Lokomotif CC 206 13 33, melainkan sedang menunggu penumpang naik dan turun kereta di Stasiun Parungkuda, Sukabumi.

"Kejadian berlangsung pada 31 Oktober 2019, KA Pangrango rute Sukabumi-Bogor dengan nomor 393 sedang melakukan pemberhentian di Stasiun Parungkuda untuk proses naik dan turun penumpang," kata Edy dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (8/11/2019).

Menurut Edy, kereta api berhenti di Stasiun Parungkuda, maka lokomotif akan menutup Jalan Parakan Salak yang tepat berada di ujung emplasemen stasiun. Hal tersebut dikarenakan stasiun yang kecil dan emplasemen stasiun yang tidak cukup panjang.

"Sehingga posisi Semboyan 10 G yang merupakan tanda berhenti lokomotif berada sejajar dengan perlintasan sebidang," kata Edy.

Terjadi Setiap Hari

Seorang petugas berjaga di perlintasan kereta api Nomor 52 di Pisangan Lama, Jakarta, Kamis (11/4). Pintu perlintasan ini dan JPL 66 di Jalan Stasiun Cakung, Jakarta Timur, akan ditutup permanen saat diberlakukannya Double Double Track (DDT) lintas Manggarai-Cikarang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

KA Pangrango dengan Nomor 393 memiliki jadwal keberangkatan dari stasiun Sukabumi pukul 15.45 dan tiba di Stasiun Bogor pukul 17.48 WIB. KA tersebut terdiri dari 1 Kereta Eksekutif, 1 Kereta Pembangkit, dan 3 Kereta Ekonomi.

"Tidak benar bahwa penutupan tersebut dikarenakan menunggu masinis yang sedang membeli makanan," ujar Edy Kuswoyo.

Edy menegaskan, kejadian penutupan perlintasan tersebut selalu terjadi setiap hari dan merupakan hal yang normal terjadi di Stasiun Parungkuda.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rencana Mahindra Dirikan Pabrik Perakitan di Indonesia

Posted: 07 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Mumbai - Mahindra sampai saat ini masih fokus untuk memperkuat brand-nya di Indonesia melalui produk kendaraan komersial. Namun, tidak menutup kemungkinan Mahindra akan menggarap pasar mobil penumpang di Indonesia.

Arvind Mathew Chief of International Operations Mahindra and Mahindra Ltd. mengaku tak ingin tergesa-gesa untuk mendatangkan semua produknya ke Indonesia, karena Mahindra memiliki rencana bisnis jangka panjang di Indonesia. 

" Untuk berjualan MPV di Indonesia, maka kita harus perakitan lokal di Indonesia. Atau dengan kata lain membangun pabrik, tapi ini rencana jangka panjang kita," ungkap Arvind saat ditemui di Mahindra Tower, Mumbai.

Joydepp Moitra, Head of International Operations Automotive Mahindra and Mahindra Ltd. menyadari ada perbedaan karakter konsumen di segmen komersial dengan mobil penumpang.

" Kami menyadari 2 hal penting, pasar Indonesia akan sangat kompetitif, di segmen komersial mereka akan melihat kemampuan produk dibanding brand image. Konsumen akan melihat kemampuan produk lalu membelinya jika sesuai ekspektasi," ungkap Joydeep.

"Jika di mobil penumpang, brand image itu penting, dan jaringan after sales sangat diperhatikan," pungkas Joydeep.

Perkuat Brand Melalui Kendaraan Komersial

Mahindra & Mahindra Ltd memiliki fasilitas pabrik Mahindra Vehicle Manufacturers Ltd. seluas 283,28 hektar yang berlokasi di Chakan dengan kemampuan produksi 320.000 unit kendaraan per tahun.

Pabrik ini menghasilkan beragam jenis kendaraan, mulai dari mobil penumpang, kendaraan komersial ringan hingga berat yang diekspor ke lebih dari 32 negara, salah satunya Indonesia.

Saat ini Mahindra masih fokus untuk menggarap pasar komersial dengan pikap Scorpio. Joydepp Moitra, Head of International Operations Automotive Mahindra and Mahindra Ltd. mengatakan," Kita akan memperkuat brand kita di segmen komersial. Di tahun pertama kita siapkan 14 lokasi penjualan untuk kendaraan komersial. Lalu di tahun ke 2 menambah dealer di berbagai lokasi. Memasuki tahun ketiga, kita akan memulai studi untuk kendaraan penumpang."

Pihaknya mengaku tak mau tergesa-gesa untuk mendatangkan mobil penumpang ke Indonesia, meskipun memiliki berbagai model kendaraan penumpang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Inisiatif Tokopedia Dorong Pemerataan Ekonomi di Sulawesi Selatan

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia telah mendorong masyarakat Indonesia untuk menciptakan peluang lewat berbisnis dengan memanfaatkan teknologi. Inisiatif-inisiatif lokal dilakukan untuk pemerataan ekonomi di berbagai daerah, salah satunya di Makassar.

Mengingat potensinya yang sangat besar, tak heran kota ini menjadi salah satu yang diprioritaskan. Di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia, serta berbagai kegiatan edukasi pemanfaat teknologi dalam menciptakan peluang berbisnis.

"Kita menyadari pentingnya edukasi untuk bertemu langsung dengan pembeli. Jadi biar penjual juga bisa melihat secara langsung seperti apa cakupan pembeli mereka," ujar External Communications Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya di Makassar, Kamis (07/11/2019).

Inisiatif-inisatif lokal yang dilakukan Tokopedia tersebut yakni:

1. Tokopedia Center

Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia Yanuar Rakhmad menjelaskan bahwa Tokopedia Center di Makassar berfungsi mempermudah masyarakat dalam memulai dan menemukan kebutuhan lewat Tokopedia. Tak hanya di kota, Tokopedia Center Rural juga hadir di tiga pedesaan Sulawesi Selatan sebagai pusat edukasi bagi siapa pun yang ingin menciptakan peluang lewat Tokopedia.

"Diharapkan ini dapat membantu masyarakat, tak terkecuali di Makassar, dalam meningkatkan daya saing bisnis mereka di pasar nasional," ungkap Yanuar.

 

 

2. Keluarga Tokopedia

Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Inisiatif lokal lainnya yakni diadakannya gathering antara seller-seller Tokopedia di Sulawesi Selatan. Nantinya, mereka dapat bertukar cerita dan informasi agar bisnis mereka semakin berkembang.

3. Tokopedia Class dan Pop Up Class

Inisiatif lokal ini dilakukan dengan tujuan mengedukasi pedagang, terlebih dalam hal pemanfaatan teknologi.

4. Tokopedia Youth

Menyadari pentingnya pemahaman teknologi sejak dini, Tokopedia juga melakukan pembinaan pada mahasiswa agar bisa berjualan secara online.

 

 

5. Mitra Tokopedia

Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Mitra Tokopedia diluncurkan dengan tujuan untuk mempermudah pemilik warung untuk mengembangkan bisnis lebih cepat, dengan aplikasi yang terpisah. Mitra Tokopedia sendiri melayani dua tujuan utama yaitu membantu pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan mengembangkan bisnis dengan berjualan berbagai produk digital, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir.

"Hingga Oktober 2019, lebih dari 20 juta masyarakat telah dilayani oleh para mitra lewat aplikasi Mitra Tokopedia," tukas Ekhel.

Salah satu mitra di Makassar yang terbantu dengan adanya Mitra Tokopedia adalah Surianty Zainal. Pemilik warung toko kelontong Toko Yanti ini bergabung dengan Mitra Tokopedia sejak Agustus lalu.

Yanti mengaku merasakan manfaat menjadi Mitra Tokopedia dalam peningkatan penjualan usaha warungnya. Kini ia dapat mengelola warung secara mudah dan efisien juga mengatur stok warung sesuai kebutuhan.

"Manfaatnya sangat besar sekali. Soalnya dari awal buka toko kelontong di tahun 2010, saya kesulitan dalam hal stok barang dan transportasi. Harus ada minimal pembelian. Di Mitra Tokopedia enggak gitu," akunya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Indosiar Arema FC vs Madura United, Eksklusif di Vidio

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Malang - Arema FC bakal menghadapi Madura United dalam laga pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (8/11/2019) sore WIB. Laga ini dijamin berlangsung sengit.

Dalam pertandingan ini, Singo Edan bertekad untuk meraih kemenangan demi memangkas jarak dengan Madura United yang berada di peringkat kedua dalam klasemen sementara Liga 1 2019, di mana saat ini keduanya terpaut enam poin.

Arema FC sebenarnya dalam kondisi tidak terlalu bagus. Singo Edan baru saja takluk dari tim papan bawah Perseru Badak Lampung FC pada pertandingan terakhir. Kekalahan 3-4 di Bandar Lampung itu bahkan berbuah kritik pedas dari Aremania.

Namun, di satu sisi Madura United juga baru saja kalah 0-2 di kandangnya sendiri saat menjamu Persipura Jayapura. Hasil buruk kedua tim di laga terakhir itu yang akan memanaskan pertandingan kali ini, di mana kedua tim dipastikan bakal sama-sama mencari poin yang hilang di pertandingan ini demi tetap bersaing di papan atas.

Selain di Indosiar, laga Arema FC vs Madura United pada pukul 15.30 WIB dapat disaksikan lewat Vidio Premier, secara berlangganan melalui link ini....

 

Prediksi Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Kartika Ajie (kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Jayus Hariono; Makan Konate (tengah); Dendi Santoso, Nur Hardianto, Ricky Kayame (depan).

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Alfath Faathier, Jaimerson Xavier, Ante Bakmaz, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Zulfiandi, Slamet Nurcahyo (tengah); David Laly, Greg Nwokolo, Andik Vermansah (depan)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PDIP: Megawati Soekarnoputri Akan Hadir di Kongres Nasdem

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nasdem bakal menyelenggarakan kongres pada 8-11 November 2019 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta. Kongres akan ditutup dengan perayaan HUT ke-8 Nasdem.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, baik partainya dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan hadir dalam Kongres Nasdem tersebut.

"Akan datang," kata Hasto di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Soal Gubernur DKI Anies Baswedan akan hadir dalam Kongres Nasdem, dia menilai hal itu sebagai sesuatu yang lumrah.

"Kongres kan di Jakarta biasa kita mengundang Gubernur di tempat Kongres itu diadakan. Ketika partai lain mengadakan Kongres di wilayah Bali. Misalnya, PKB juga mengundang Gubernur dari PDI Perjuangan, itu hal yang biasa saja," ujar Hasto.

Undang Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan usai menggelar pertemuan di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (24/7/2019). Anies mengaku kehadirannya menghadap Surya Paloh terkait perkembangan Kota Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Partai Nasdem akan mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kongresnya. Kongres Nasdem akan digelar pada 8-11 November 2019.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menjelaskan alasan partainya mengundang Anies. Menurut dia, Anies Baswedan hanya akan memberikan ucapan selamat datang pada peserta kongres.

"Iya Pak Anies kan Gubernur DKI, sebagai gubernur dia wajarlah memberikan sambutan dan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta kongres yang dari Sabang sampai Merauke datang ke Ibu Kota," kata Willy di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (2/11/2019).

"(Sudah kasih undangan?) Sudah," sambung dia.

Willy mengatakan, salah satu hal yang dibahas dalam kongres Nasdem yaitu Pemilu 2024. Namun, dia menegaskan, kedatangan Anies Baswedan tidak ada hubungannya dengan Pemilu 2024.

"Oh tentu, Pemilu 2024 kita bahas. Tapi yang menjadi penting tidak hanya Mas Anies ya, ada Bu Khofifah juga kita undang dan beberapa Gubernur yang dari Nasdem, tapi memang Mas Anies membuka selaku Gubernur DKI," kata Willy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program CEFIM Bentuk Dukungan Indonesia buat Investasi Energi Terbarukan

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi pada 2030 nanti, menjadi sebesar 29 persen, atau 41 persen dengan bantuan internasional. Sektor lahan dan energi diharapkan menjadi kontributor utama penurunan emisi tersebut.

Prospek pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di negara ini juga sangat memungkinkan, mengingat Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang besar.

Kemenko Perekonomian bekerja sama dengan The Organisation For Economic Co-Operation and Development (OECD) membentuk Program 'Clean Energy Finance and Investment Mobilisation' (CEFIM).

Program ini bertujuan memperkuat kondisi pemberdayaan domestik untuk mendorong investasi dan pembiayaan di bidang EBTKE.

"Juga mendukung upaya nasional dalam pembangunan rendah karbon, serta menguatkan kerja sama bilateral dan multilateral," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup Kemenko Perekonomian Montty Girianna, dalam acara Launching CEFIM Indonesia, di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11).

Program ini dilaksanakan di lima negara yang tersebar di Amerika Latin, Asia selatan dan Asia Tenggara, dan akan berjalan dalam periode lima tahun yang dimulai pada Januari 2019. Program ini juga didukung secara finansial oleh Pemerintah Denmark.

Dia menjelaskan, tiga aktivitas utama dalam program ini, yaitu tinjauan pembiayaan energi bersih dan investasi, kegiatan pendukung implementasi, dan pembelajaran dari negara lain yang setara.

"Program ini juga akan berkontribusi terhadap implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), Paris Agreement, dan upaya-upaya lainnya dalam mendorong investasi dan pembiayaan energi bersih," ungkapnya.

Program CEFIM akan menjembatani pembuat kebijakan dengan sektor finansial dan swasta. Program ini memanfaatkan jejaring OECD yang luas, mencakup entitas pemerintahan dan negara maju, serta hubungan dengan pengembang proyek, industri energi bersih, perbankan, institusi finansial internasional, dan organisasi internasional.

Keterlibatan stakeholders merupakan hal fundamental dalam mengidentifikasi ketidaksesuaian kebijakan, tantangan dan solusi untuk mendorong investasi swasta di bidang energi bersih.

Program ini akan dilaksanakan melalui konsultasi yang dilakukan pada level nasional maupun internasional untuk menghubungkan investor internasional, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Dengan menerapkan pendekatan kebijakan, regulasi, dan mobilisasi investasi secara terintegrasi, Program CEFIM ini didesain untuk berorientasi terhadap hasil.

Selain itu, melalui program ini akan dilakukan penguatan dan sinergi kerangka kebijakan, penyusunan pipeline project yang menguntungkan semua pihak, dan mobilisasi investasi di bidang energi bersih dan infrastruktur berkelanjutan.

 

Potensi

Energi baru dan terbarukan berupa panel surya di kantor Kementrian ESDM, Jakarta. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Tercatat potensi energi terbarukan mulai dari tenaga air, panas bumi, bionergi, surya, angin, dan arus laut mencapai 442 Gigawatt (GW).

Namun, berdasarkan data yang bersumber dari booklet 'Energi Berkeadilan Semester I Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral', terlihat bahwa penggunaan energi terbarukan di sektor ketenagalistrikan masih sebesar 9,32 GW atau sekitar 2 persen dari total potensi yang ada. Sedangkan, porsi energi terbarukan dalam bauran energi saat ini mencapai 12,8 persen.

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia terus berupaya mengembangkan Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Hal ini termaktub dalam Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024 yang menyebutkan bahwa pemerintah menargetkan capaian energi terbarukan sebesar 20 persen pada 2024.

Untuk mencapai target tersebut tentunya membutuhkan dukungan pembiayaan, investasi dan perbaikan regulasi untuk mendukung pengembangan EBT.

Investasi infrastruktur ketenagalistrikan membutuhkan pembiayaan sekitar Rp 400 triliun per tahun, sementara pada 2018, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) hanya mampu memenuhi sebesar Rp115 triliun, Untuk itu, diperlukan partisipasi sektor swasta dalam mengembangkan sektor energi.

"Indonesia telah mendapatkan peringkat Triple B (BBB) dan masuk dalam rating investment grade country dari lima lembaga pemeringkat internasional. Artinya bahwa investor seharusnya tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di Indonesia," kata dia.

Pemerintah, lanjut Montty, menyadari masih banyak tantangan dalam pengembangan EBT. Di antaranya adalah masalah lahan, sosial, teknis perizinan, regulasi dan pendanaan.

Untuk alternatif pembiayaan EBT, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 46 Tahun 2017 dan Peraturan Presiden No. 77 Tahun 2018, pemerintah telah membentuk Badan Layanan Umum Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

"Pembentukan badan ini ditujukan untuk menghimpun dana hijau (green fund) dari dalam negeri maupun dunia internasional dengan mekanisme yang cukup fleksibel, baik dalam hal penghimpunan, penyaluran, maupun penggunaannya, namun juga berstandar internasional," jelas Montty.

Hal lain yang telah dilakukan untuk mendorong investasi adalah simplifikasi perizinan melalui Online Single Submission (OSS).

Melalui OSS, diharapkan investor lebih mudah mendapatkan izin, serta dapat memberikan kepastian hukum bagi dunia usaha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pencuri 31 Ekor Sapi di Lamongan Ternyata Seorang Kakek

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang residivis spesialis pencuri ternak sapi terpaksa kedua kakinya, dilumpuhkan dengan peluru tajam petugas Reskrim Polres Lamongan, Jawa Timur. Kakek berusia 63 tahun tersebut, terbukti menjadi otak pencurian 31 ekor sapi, di 23 TKP, dengan mendapatkan ratusan juta rupiah.

RJ kakek berusia 63 tahun, warga Payaman Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Terpaksa digelandang menggunakan kursi roda. Aksinya berakhir setelah Tim Jaka Tingkir Reskrim Lamongan, menembak kedua kaki tersangka, lantaran geram melihat catatan kejahatannya, dan selalu lolos saat disergap petugas.

Pada 2018, tersangka ternyata pernah dipenjara selama delapan bulan, dalam kasus yang sama yaitu pencurian hewan ternak sapi. Namun, setelah keluar dari penjara, pada 2019 ini, tersangka kembali beraksi dibantu tiga rekannya, yang saat ini berhasil ditangkap Polres Tuban. Ketiga rekannya berhasil mencuri 6 ekor sapi, dijual di pasar Jombang dan Tuban, dengan harga Rp 120 juta.

Meski sudah renta, aksi kakek ini tergolong licin, karena mampu mencuri 31 ekor sapi di 23 TKP, untuk mengelabui korban, tersangka selalu beraksi sekitar pukul 2 dini hari.

Saat ditangkap, petugas hanya menyita barang bukti uang Rp. 6 juta, sisa hasil penjualan, plus sepeda motor milik tersangka. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 ayat 1 KUHP tentang Pencurian Pemberatan dengan ancaman 7 tahun penjara. Demikian dilansir Liputan6, 6 November 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Korban Perkosaan di Wonogiri Rela Diberi Rp7,5 Juta per Pelaku

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Wonogiri - Pihak keluarga NA, remaja putri 16 tahun yang diperkosa 6 pria bejat, enggan melaporkan kasus pemerkosan tersebut kepada polisi. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Nguntoronadi, Wonogiri berinisial My. Bahkan My mengaku telah membujuk pihak keluarga untuk mau melapor ke polisi.   

My juga menceritakan bagaimana persoalan itu bisa selesai lewat mediasi.

"Saya dilapori masyarakat, ada warga yang hamil dan pelakunya juga warga sini. Lalu, mereka minta difasilitasi mediasi antara masyarakat, korban, dan pelaku soal pemecahan masalah itu. Tidak ada niat saya untuk menutupi kasus itu dari proses hukum," katanya seperti dikutip Solopos, Jumat (8/11/2019).

Dalam mediasi itu, sempat terjadi tawar menawar soal nilai yang akan diberikan kepada NA. Semula, warga meminta Rp50 juta per pelaku. Namun, akhirnya menjadi Rp7,5 juta per pelaku.

Uang itu dipakai untuk biaya perawatan hingga persalinan NA yang kini hamil enam bulan

My menjelaskan mediasi itu ditempuh lantaran ada pemahaman di masyarakat bahwa kasus yang terjadi di desa bisa diselesaikan dengan mediasi, kecuali narkoba dan terorisme. Hal itu muncul dalam Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM).

Camat Nguntoronadi, Sriyono, mendapat informasi soal kasus itu, termasuk mediasi yang terjadi. Sriyono lantas memanggil kades dan tokoh masyarakat yang hadir dalam mediasi ke kantor kecamatan.

Di kantor kecamatan itulah Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan kemarahannya.

"Pertimbangan mediasi itu supaya enggak ada gejolak di masyarakat," kata Sriyono.

Sementara itu, aparat Polres Wonogiri mengklaim tengah menyelidiki kasus asusila yang dilakukan enam orang dewasa terhadap NA. Kasat Reskrim Polres Wonogiri, AKP Purbo Adjar Waskito, mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, mengungkapkan perkembangan kasus dugaan asusila itu masuk tahap penyidikan.

Ada satu terlapor yang diproses yakni SYN, 39, warga Nguntoronadi. "Yang dilaporkan satu orang. Korban kini hamil enam bulan," ujar Purbo.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fraksi PSI Bantah Anggotanya Buang Dokumen RAPBD Surabaya ke Lantai

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membantah salah satu anggotanya, Alfian Limardi membuang draf atau dokumen RAPBD Surabaya ke lantai, melainkan hanya membanting di meja yang kemudian jatuh ke lantai.

"Kalau ingin dibuktikan ya dibuka saja CCTV-nya. Biar semua jelas," kata Ketua Fraksi PSI DPRD Surabaya, Wiliam Wirakusuma di Surabaya, Kamis, 7 November 2019, demikian mengutip Antara.

Politikus PSI Alfian Limardi sebelumnya dianggap bertindak berlebihan setelah membuang draf Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) RAPBD Surabaya dihadapan Kepala Dinas Diskominfo Surabaya M. Fikser pada saat pembahasan RAPBD Surabaya 2020 di Komisi B DPRD Surabaya pada Senin, 4 November 2019.

Dia menuturkan, pihaknya sudah menanyakan secara personal terkait kejadian tersebut ke Alfian Limardi. Hanya saja, Alfian mengaku kecewa dengan pembahasan RKA RAPBD yang belum lengkap dari Diskominfo.

"Saya kira itu reaksi spontan saja, terus membanting draf RKA terlalu keras sehingga jatuh ke lantai," katanya.

Soal Badan Kehormatan (BK) DPRD Surabaya yang berencana memanggail Alfian, Wiliam mempersilahkan media untuk menanyakan langsung ke BK. Wiliam menegaskan, PSI menginginkan ada transparasi dalam pembahasan RAPBD Surabaya. Anggota Komisi B Alfian Limardi sebelumnya mempertanyakan adanya angka dalam RKA Diskominfo yang loncat.

"Saat saya tanyakan mereka sempat kaget juga. Saya protes secara spontan. Wajar donk saya tanyakan selaku dewan, ini uang rakyat. Tapi udah dijelaskan dan clear. Untuk berikutnya kami meminta PPN-nya ditampilkan sehingga jelas," ujar dia.

Ketua BK DPRD Surabaya, Badru Tamam mengatakan, pihaknya akan memanggil Alfian untuk meminta klarifikasi atas peristiwa itu. Badru akan melakukan rapat internal Badan Kehormatan untuk mengambil sikap usai memanggil Alfian Limardi. "Kalau bisa ya minggu ini kita agendakan," kata dia.

BK DPRD Surabaya Sikapi Tindakan Anggota Fraksi PSI

Tugu Pahlawan Merah Putih di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)

Sebelumnya, Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur, menyikapi tindakan anggota dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Alfian Limardi. Hal ini karena dinilai tidak beretika saat rapat pembahasan RAPBD Surabaya 2020.

"Kami akan panggil mas Alfian untuk meminta klarifikasi atas peristiwa itu. Kalau bisa ya minggu ini kita agendakan," kata Ketua BK DPRD Surabaya, Badru Tamam di Surabaya, Kamis, 7 November 2019, seperti mengutip Antara.

Politikus PSI Alfian Limardi sebelumnya dianggap bertindak berlebihan setelah membuang draf Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) RAPBD Surabaya di hadapan Kepala Dinas Diskominfo Surabaya M. Fikser pada saat pembahasan RAPBD Surabaya 2020 di Komisi B DPRD Surabaya pada Senin, 4 November 2019.

Badru yang juga politisi PKB ini menegaskan akan melakukan rapat internal Badan Kehormatan (BK) untuk mengambil sikap usai memanggil Alfian Limardi.

Terkait insiden yang dilakukan Alfian saat pembahasan RAPBD, lanjut dia, pihaknya menduga sikap tersebut terjadi karena tidak puas dengan draf RAPBD yang dilaporkan Diskominfo Surabaya.

"Makanya nanti kita klarifikasi apakah ini bentuk kemarahan, ketegasan, atau sikap tidak puas saat pembahasan RAPBD. Saya kira itu kejadian insidentil dan tidak direncanakan," kata dia.

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwiyono sebelumnya mengatakan, anggota dewan semestinya bertindak sopan dalam menyampaikan pendapat atau tanggapan. Hal itu sudah diatur dalam Tata Tertib DPRD Surabaya seorang anggota dewan dalam menyampaikan pendapatnya harus sopan dan tertib. Sutarwijono yang kerap dipanggil Awi mengatakan, boleh saja anggota dewan kritis, namun tetap berada di tatanan.

"Anggota dewan memang harus kritis, tapi bukan berarti boleh marah-marah sekenanya. Tetap ada tatanannya. Ada aturannya."

Awi yang juga Ketua DPC PDIP Surabaya ini menambahkan, sikap kritis terletak pada keterampilan berargumen, substansi yang diajukan, penyampaian data-data yang mendukung atau tafsir berbeda atas data-data.

"Kalau diajukan dengan logika yang kuat, siapapun yang mendengar akan tercerahkan. Tidak ada tendensi menyerang pribadi. Ibarat oase, siapapun bisa minum dari sumber yang bening dan menyegarkan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Surabaya M. Fikser membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia, kejadian tersebut cukup memalukan bagi anggota DPRD Kota Surabaya yang merupakan mitra Pemkot dalam pembahasan RAPBD.

"Selama ini kami tidak pernah diperlakukan seperti itu. Kalau ada kekurangan, kan bisa ngomong secara baik-baik. Saya kecewa tapi, saya sudah memaafkan," katanya.

Anggota Komisi B Alfian Limardi saat dikonfirmasi mengatakan, persoalan dalam pembahasan RAPBD tersebut sudah selesai. Ia menjelaskan bahwa di RKA ada angka yang loncat sehingga otomatis dipertanyakan.

"Saat saya tanyakan mereka sempat kaget juga. Saya protes secara spontan. Wajar donk saya tanyakan selaku dewan, ini kan uang rakyat. Tapi udah dijelaskan dan clear. Untuk berikutnya kami meminta PPN-nya ditampilkan sehingga jelas," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratu Ilmu Hitam Ramai Dibahas Warganet, Ini 5 Fakta Menariknya

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ratu Ilmu Hitam meneror bioskop mulai Kamis (7/11/2019). Baru sehari tayang, Ratu Ilmu Hitam yang dibintangi Ario Bayu dan Hannah Al Rashid hangat diperbincangkan warganet.

Ratu Ilmu Hitam kali pertama dirilis rumah produksi Rapi Film pada 1981. Kala itu, Ratu Ilmu Hitam dibintangi Suzzanna dan WD Mochtar.

Ratu Ilmu Hitam dinilai meletakkan standar baru bagi genre memedi di era itu.

Berencana menonton Ratu Ilmu Hitam pekan ini? Sebelum ke bioskop, simak dulu lima fakta menarik seputar Ratu Ilmu Hitam berikut ini.

1. Bukan Sekuel Maupun Prekuel

Ratu Ilmu Hitam (Sumber: Instagram/ratuilmuhitam.official)

Saat dirilis di bioskop, publik mempertanyakan posisi Ratu Ilmu Hitam karya Kimo Stamboel ini prekuel atau sekuel? Joko Anwar menegaskan Ratu Ilmu Hitam 2019 bukan sekuel maupun prekuel dari versi Suzzanna.

"Bagi kami, yang asli sudah ada di suatu tempat yang seharusnya tidak diganggu gugat. Kami membuat sesuatu yang baru namun kami mengambil esensinya.Bersama produser kami berdiskusi, esensi Ratu Ilmu Hitam ini apa? Tentang balas dendam dari orang yang tersakiti. Itu yang kami angkat ke versi baru," terang penulis naskah Ratu Ilmu Hitam, Joko Anwar, kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, baru-baru ini.

2. Zara JKT48 Merasa Cupu

Zara JKT48 (instagram/jkt48.zara)

Salah satu daya tarik Ratu Ilmu Hitam, adalah performa Zara JKT48 yang diyakini menarik perhatian generasi kekinian. Ratu Ilmu Hitam, horor pertama Zara JKT48. Sebelumnya, ia dikenal lewat film box office Dilan 1990 serta Keluarga Cemara.

"Dari awal tidak mau main film horor karena saya cupu. Setelah baca sinopsisnya, saya tertarik. Saya yakin ini akan jadi film bagus," ujarnya.

Zara JKT48 belajar banyak hal selama syuting termasuk mempertahankan emosi di hari yang berbeda. "Lebih menantang karena ini film horor pertama. Kalau drama, hidup saya, kan sudah drama," ia menyambung.

3. Muka Putri Ayudya Dikritik

Meraih nominasi Piala Citra Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2018 lewat film Kafir: Bersekutu dengan Setan, Putri Ayudya dipercaya memperkuat Ratu Ilmu Hitam. Sebelum syuting, Putri dikritik Kimo Stamboel.

"Mas Kimo bilang wajah saya enggak ada sadis-sadisnya. Akhirnya saya bikin sesi khusus mengobrol dengan Mbak Ruth Marini (pemeran Mirah). Kami membahas soal dendam berbalut murka. Saya belum pernah marah sebesar ini di film," beri tahu aktris kelahiran Jakarta, 20 Mei 1988 ini.

4. Beban Berat

Ratu Ilmu Hitam 2019 dinilai menyangga beban berat. Mengingat, versi klasiknya memborong lima nominasi Piala Citra, yakni Tata Artistik, Editing, Fotografi, Pemeran Pendukung Pria, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Tak mau terbebani, Joko Anwar menyebut, "Beberapa karakter dari versi klasik kami ambil dan masukkan ke skenario yang baru. Ini penghormatan untuk film lamanya," Joko Anwar mengulas.

Sutradara Pengabdi Setan dan Perempuan Tanah Jahanam ini menambahkan, "Sulit banget menggarap naskah Ratu Ilmu Hitam. Saya mau ambil proyek ini justru karena menantang. Kesulitan membuat saya bersemangat."

 

5. Titisan Suzzanna

Kali pertama proyek Ratu Ilmu Hitam diumumkan, nama Hannah Al Rashid disebut menjadi tokoh utama. Beredar kabar, Hannah Al Rashid menjadi titisan Suzzanna.

Kala itu, Hannah Al Rashid berkelit, "Kan, ada banyak pemain perempuan di film ini," Beberapa hari jelang rilis, foto para pemain perempuan Ratu Ilmu Hitam bertebaran di medsos. Foto ini memuat pertanyaan, "Siapakah Ratu di film Ratu Ilmu Hitam?"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Presiden Brasil Terpidana Kasus Korupsi Berpotensi Dibebaskan

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Sao Paulo - Pengadilan tinggi Brasil telah memutuskan untuk membatalkan kebijakan seputar pemenjaraan, di mana aturan baru  tersebut memungkinkan ribuan pesakitan, termasuk mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva dibebaskan dari tahanan.

Mengutip dari BBC, Jumat (8/11/2019), putusan yang diumumkan pada Kamis (7/11), menetapkan bahwa para tahanan yang dihukum harus masuk ke penjara hanya setelah mereka kehabisan opsi banding.

Perubahan keputusan tersebut dapat berdampak pada pembebasan ribuan tahanan, termasuk Lula da Silva terpidana kasus korupsi.

Ia menjadi pemimpin Brasil selama 2003-2010 namun kemudian dipenjara tahun lalu.

Lula da Silva dipenjara setelah terlibat dalam kasus penyelidikan rasuah besar-besaran. Karena masalah tersebut, rival politiknya, Jair Bolsonaro yang dijuluki sebagai 'Trump of the Tropics' menempati posisi tersebut, menggantikan Lula da Silva dengan mudahnya. 

Skandal korupsi besar yang dikenal sebagai 'Operation Car Wash', awalnya diinisiasi oleh perusahaan minyak milik negara, Petrobras. Namun kemudian, kasus suap yang melibatkan miliaran dolar terbongkar dan mengakibatkan puluhan pemilik bisnis dan politikus ternama dipenjara.

Lula secara konsisten menyangkal semua tuduhan terhadapnya dan mengklaim bahwa mereka hanyalah bermotivasi politik.

Hakim memilih untuk menafsirkan kembali hukum pidana negara itu setelah menang suara pada pemungutan suara.

Hal tersebut membuat putusan tiga tahun yang mengancam para tersangka dipenjara segera sebelum banding habis dibatalkan. Langkah itu dilihat akan membantu jaksa mengamankan hukuman dan mengungkap penyelidikan korupsi dengan mendorong para tersangka untuk menegosiasikan kesepakatan pembelaan.

Pengacara Lula telah meminta pembebasan kliennya setelah perubahan putusan diresmikan.

Kasus Korupsi Besar

Seorang demonstran mengenakan kostum Batman saat mengikuti aksi protes di Rio de Janeiro, Brasil (3/4). Luiz Inacio Lula da Silva dijatuhi hukuman penjara hampir 10 tahun karena terbukti melakukan korupsi dan menerima suap. (AP / Silvia Izquierdo)

Pada bulan Juli 2017, Negeri Samba diguncang skandal besar yang melibatkan Lula da Silva. Ia dinyatakan bersalah atas tuduhan korupsi. Vonis 12 tahun penjara dijatuhkan hakim atas pria yang pernah memimpin Negeri Samba selama delapan tahun ini.

Namun da Silva membantah klaim yang menyebut ia menerima sebuah apartemen sebagai gratifikasi dalam kasus dugaan korupsi yang melibatkan perusahaan minyak negara, Petrobas. Ia menuding, pengadilan atas kasusnya dilakukan atas motif politik belaka.

Sedangkan kasus dugaan gratifikasi apartemen adalah satu dari lima dakwaan yang dikenakan kepadanya. Tuduhan yang dihadapi Lula terkait dengan skandal Car Wash, julukan untuk investigasi korupsi terbesar di Brasil.

Penyelidikan berfokus pada sejumlah firma atau perusahaan yang diduga menerima kontrak dari Petrobas dengan imbal balik suap --yang masuk ke kantong-kantong para politikus dan dana kotor ke partai-partai politik.

Lula, mantan pekerja sektor baja yang kemudian jadi pemimpin serikat pekerja, adalah presiden pertama Brasil dari sayap kiri selama kurun waktu hampir setengah abad.

Pada masa kepemimpinannya, ia adalah presiden paling tersohor di Brasil. Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama bahkan menjulukinya sebagai "politikus terpopuler di muka Bumi".

Lula da Silva sempat mengajukan banding. Akan tetapi pada bulan Januari, pengadilan banding justru menguatkan putusan hakim dan menambah hukuman da Silva --dari yang semula 9,5 tahun menjadi 12 tahun penjara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terserang Stroke Saat Hamil, Wanita di Inggris Cegukan Hingga 12 Tahun

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lisa Graves sempat terserang cegukan ketika dirinya hamil di tahun 2008. Ternyata, kejadian itu berlangsuhg hingga 12 tahun lamanya.

Pemeriksaan menunjukkan bahwa Graves sempat terkena stroke ketika dirinya hamil. Cegukan itu adalah efek samping yang tidak biasa.

 

Ibu 31 tahun asal Lincoln, Inggris ini mengatakan dirinya bisa cegukan lebih dari seratus kali dalam sehari. Tidak ada dokter yang tahu bagaimana cara mengobatinya.

"Saya pikir saya mungkin akan cegukan sampai ke dalam kubur, tapi itu menjadi bagian dari diri saya saat ini," kata Graves seperti dilansir dari The Sun pada Jumat (8/11/2019).

Kondisi itu membuat dia dan keluarganya terbiasa. Namun seringkali, dia harus menjelaskan masalah itu pada orang lain yang merasa terkejut ketika dia cegukan.

"Ada saat ketika saya merasa cukup malu karena itu dan menunda untuk keluar di tempat umum, tapi sekarang, saya membiarkannya."

Sudah Terbiasa

Kenali Cara Menghentikan Cegukan

Graves mengatakan bahwa awalnya dia sempat mencoba segala cara untuk menghentikan cegukan itu. Mulai dari melompat-lompat hingga mengisap lemon.

"Tetapi tidak ada yang berhasil, dan ketika para ahli saraf mengira mereka telah memecahkannya, saya memutuskan untuk tidak menempuh rute pengobatan," kata Graves.

Dia mengatakan, tidak ada jaminan prosedur medis bisa berhasil. Selain itu, ia juga mengatakan mampu mengelola kondisinya tersebut dan hidup dengannya.

Dikutip dari Metro, kasus cegukan terlama dilaporkan mencapai 68 tahun. Seorang pria bernama Charles Osborne dari Anthon Iowa, Amerika Serikat, mulai cegukan di tahun 1922. Dalam beberapa dekade pertama, dia bisa mengalami itu hingga sekitar 40 kali per menit.

Namun mendekati akhir hayatnya, cegukan itu menjadi lebih sedikit dan benar-benar hilang bersama dirinya yang telah tiada.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengapalan Smartwatch Global Tumbuh 42 Persen

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset Strategy Analytics merilis data baru tentang pasar smartwatch global per kuartal III 2019. Pengapalan smartwatch tercatat mencapai 14 juta unit, naik 42 persen dibandingkan satu tahun sebelumnya.

Dilansir GSM Arena, Jumat (8/11/2019), Apple menguasai pasar smartwatch dunia dengan 47,9 persen pangsa pasar. Total pengapalan smartwatch perusahan mencapai 6,8 juta unit.

Samsung berada di peringkat kedua dengan 47,9 persen pangsa pasar, dan 1,9 juta unit smartwatch. Selanjutnya Fitbit di posisi ketiga dengan 11,3 persen pangsa pasar dan pengapalan 1,6 juta unit jam pintar.

Gabungan vendor lain memiliki 27,5 persen pangsa pasar, dengan pengapalan smartwatch 3,9 juta unit. Vendor smartwatch lain termasuk Huawei dan Xiaomi.

Total pengapalan smartwatch pada kuartal III 2019 mencapai 14,2 juta unit, naik dari 10 juta YoY.

Lenovo Carme Meriahkan Pasar Smartwatch

Lenovo Carme (screenshot via GSM Arena)

Lenovo merupakan salah satu vendor smartwatch. Perusahaan asal Tiongkok ini pada September lalu, mengumumkan smartwatch baru bernama Lenovo Carme.

Lenovo Carme hadir dengan layar sentuh 1,3 inci dengan desain curved surface 2.5D. Desain ini membuat pengguna lebih mudah melihat konten di dalam layar dari berbagai sudut pandang.

Smartwatch tersebut bisa menampilkan notifikasi untuk pesan teks dan panggilan di layar. Selain itu, juga dilengkapi dengan berbagai fitur kesehatan seperti pedometer, monitor detak jantung, dan monitor tidur.

Lenovo Carme juga dapat melacak berbagai kegiatan olahraga, dan dilengkapi dengan pengingat. Selain itu, smartwatch tersebut hadir dengan fitur lain seperti ramalan cuaca, stopwatch, dan alarm.

Lenovo Carme bersertifikat IP68, artinya pengguna bisa menggunakannya saat berenang. Jam tangan pintar ini terhubung ke iPhone dan smartphone Android melalui Bluetooth 4.2.

Smartwatch dengan baterai 200 mAh ini memiliki tali karet serta dua varian warna, Blue dan Green.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Implan Microchip, Pria Ini Buka Pintu Tanpa Kunci

Posted: 07 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang hacker di Texas mampu membuka pintu garasi tanpa menggunakan kunci. Ia memiliki kekuatan 'super' tersebut berkat microchip yang ditanamkannya di dalam tangannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus, Fosil Manusia Bertubuh Besar Tertua di Jawa

Posted: 07 Nov 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meganthropus paleojavanicus merupakan salah satu fosil mirip manusia purba tertua yang ditemukan di Indonesia. Maka sangat menarik untuk mengenal ciri-ciri meganthropus paleojavanicus ini. 

Fosil ini pertama kali ditemukan oleh G.H.R von Koenigswald pada penelitian 1936 dan berakhir pada 1941 di Situs Sangiran, yaitu rahang bawah dan rahang atas. Ketika pertama ditemukan, von Koenigswald menyebutnya Meganthropus palaeojavanicus, artinya manusia raksasa dari Jawa. Ciri-ciri meganthropus paleojavanicus berbeda dengan Pithecanthropus erectus (homo erectus) yang lebih dulu ditemukan di Sangiran.

Meganthropus paleojavanicus berasal dari kata Mega yang berarti besar dan Anthropus berarti manusia, dan Paleo berarti tertua, serta Javanicus berarti Jawa.

Jadi, kalau digabungkan arti dari Meganthropus paleojavanicus adalah fosil manusia bertubuh besar paling tua di Pulau Jawa atau manusia raksasa dari Jawa yang diperkirakan hidup pada masa 1 – 2 juta tahun yang lalu pada masa Paleolithikum atau zaman batu tua.

Karena ciri-ciri Meganthropus paleojavanicus memiliki perbedaan dengan Pithecanthropus erectus, maka penting untuk mengenal masing-masing ciri-ciri dari Meganthropus paleojavanicus. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber ciri-ciri meganthropus paleojavanicus, Jumat (8/11/2019).

Ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus

Fosil Pithecanthropus erectus / Sumber: Wikipedia

Setiap fosil yang ditemukan memiliki ciri yang berbeda-beda. Begitu juga dengan ciri-ciri meganthropus paleojavanicus. Berikut ciri-ciri meganthropus paleojavanicus:

1. Meganthropus paleojavanicus hidupnya hanya mengandalkan hasil alam, sehingga kehidupannya tergantung pada alam.

2. Cara hidup meganthropus paleojavanicus selalu berpindah tempat karena bertahan hidup dengan mengumpulkan makanan. Ketika sumber makanan di suatu tempat sudah habis, maka mereka akan berpindah mencari lokasi lainnya.

3. Ciri-ciri meganthropus paleojavanicus lainnya adalah memiliki rahang bawah yang tebal dan kuat.

4. Tubuhnya sangat tegap.

5. Kening pada meganthropus paleojavanicus juga tabal dan menonjol.

6. Tulang pipi juga tebal dan menonjol tampak sangat dominan.

7. Punya otot yang sangat kuat.

8. Tidak terlihat memiliki dagu, tetapi bagian mulutnya menonjol.

9. Tulang pada ubun-ubun nampak pendek.

10. Bentuk hidungnya melebar.

11. Gigi dan rahang sangat besar sehingga otot kunyahnya sangat kuat.

12. Bentuk geraham menyerupai manusia.

13. Volume otaknya sebesar 900 cc.

14. Tingginya sekitar 2,5 meter.

15. Cara berjalannya mirip dengan orang utan, yiatu agak membungkuk dengan tangan yang menyangga tubuh.

16. Tangannya berukuran lebih panjang daripada kakinya.

17. Menggunakan peralatan memasak yang masih sangat kasar, karena dibuat dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan membenturkan batu dengan yang lain. Pecahan dari benturan batu akan menyerupai kapak. Alat inilah yang kemudian digunakan untuk mengumpulkan makanan dan memasak.

Ciri-ciri Fosil Meganthropus Paleojavanicus

Meganthropus A / Sangiran 6

Meganthropus A / Sangiran 6 merupakan fragmen rahang yang snagat besar. Pertama kali fragmen rahang ini ditemukan pada tahun 1942 oleh Von Koenigswald. Koenigswald ditangkap oleh Jepang dalam Perang Dunia II, namun dirinya berhasil mengirim cast rahang untuk Franz Weidenreich.

Weidenreich kemudian melanjutkan penelitian dan menamakan spesimen tersebut di tahun 1945. Ia menyatakan spesimen tersebut memiliki rahang terbesar yang pernah ia lihat. Rahang tersebut dikatakan sama besarnya dengan gorila tetapi bentuknya berbeda.

Setelah dilakukan berbagai rekonstruksi dan penelitian, ditemukan adanya kemungkinan bahwa meganthropus berukuran lebih besar daripada gorila manapun yang kita ketahui.

Meganthropus B / Sangiran 8

Penemuan fosil ini berupa potongan tulang rahang lain yang dideskripsikan oleh Marks pada 1953. Ciri-ciri meganthropus paleojavanicus ini memiliki ukuran dan bentuknya hampir sama dengan penemuan rahang bawah yang asli yang sudah mengalami kerusakan parah.

Fosil ini diketahui bahwa itu adalah tulang rahang dewasa, yang berukuran lebih kecil daripada homo erectus. Tetapi yang membingungkan, spesimen tersebut memiliki beberapa ciri unik yang sama dengan penemuan awal, dan ciri tersebut tidak ada pada homo erectus.

 

Ciri-ciri Fosil Meganthropus Paleojavanicus

Meganthropus C / Sangiran 33 / BK 7905

PEnemuan fosil berupa potongan tulang rahang ini ditemukan pada 1979. Ciri-ciri meganthropus paleojavanicus ini memiliki beberapa kesamaan umum dengan temuan rahang bawah yang telah dikatakan sebelumnya.

Hubungan fosil ini dengan Meganthropus Paleojavanicus  tampaknya menjadi hubungan yang paling lemah dari penemuan – penemuan tulang rahang sebelumnya.

Meganthropus D

Fosil ini berupa tulang rahang dan ramus yang ditemukan oleh Sartono pada 1993. Usia fosil tersebut telah ditentukan antara sekitar 1,4 hingga 0,9 juta tahun lalu. Bagian ramusnya telah mengalami kerusakan yang buruk. Akan tetapi bagian tulang rahang bawahnya relatif tampak tidak mengalami kerusakan walaupun detail giginya telah hilang.

Fosil ini berukuran agak lebih kecil tetapi bentuknya sangat mirip daripada Meganthropus A. Sartono, Tyler dan Krantz akhirnya menyepakati bahwa Meganthropus A dan D tampaknya merupakan contoh dari spesies yang sama, apapun itu.

 

 

Ciri-ciri Fosil Meganthropus Paleojavanicus

Meganthropus I / Sangiran 27

Spesimen Tyler ini digambarkan sebagai tengkorak yang hampir lengkap, tapi hancur dalam batas ukuran Meganthropus dan di luar batas (diasumsikan) H. Homo. Spesimen ini tidak memiliki jendolan ganda yang hampir bertemu di atas tempurung kepala dan punggung nuchal sangat tebal.

Meganthropus II / Sangiran 31

Meganthropus II ini merupakan fragmen tengkorak yang pertama kali dijelaskan oleh Sartono pada 1982. Analisis yang dilakukan Tyler menghasilkan kesimpulan bahwa ukurannya ternyata berada di luar batas normal Homo Erectus.

Ciri-ciri meganthropus paleojavanicus ini memiliki bentuk tengkorak lebih dalam, berkubah lebih rendah dan jauh lebih lebar dari spesimen manapun yang pernah ditemukan.

Bagian sagittal crest dobel dengan kapasitas tengkorak sekitar 800 – 1000 cc. Rekonstruksi Sangiran 31 sejak dipresentasikan pada AAPA meeting di tahun 1993, telah diterima oleh banyak kalangan otoritas. Sejauh ini tidak ada homo erectus lain yang menunjukkan ciri – ciri ini.

Meganthropus III

Meganthropus III merupakan penemuan fosil lain yang memiliki sedikit kaitan yang lemah dengan Meganthropus Paleojavanicus. Penemuan ini diperkirakan adalah bagian posterior dari tengkorak hominid, yang memiliki ukuran 7 hingga 10 cm.

Tyler pada 1996 menggambarkan penemuan sudut oksipital dari keseluruhan tengkorak yang diperkirakan sejauh 120 derajat. Menurut Tyler itu adalah rentang ukuran yang dimiliki homo erectus. Akan tetapi interpretasi Tyler masih dipertanyakan oleh para pihak berwenang yang ragu akan adanya hubungan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Agung Beri Wejangan ke Anak Buahnya saat Kunjungi KPK

Posted: 07 Nov 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung ST Burhanuddin mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (8/11/2019). Kehadirannya disambut Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

Buhanuddin menjelaskan, kedatangannya untuk meningkatkan kerja sama antarpenegak hukum. Menurut dia, silaturahmi ini penting dilakukan.

"Saya sebagai orang baru wajib hukumnya memperkenalan diri dan menindaklanjuti yang lalu-lalu," kata Jaksa Agung.

Burhanuddin menuturkan, pertemuannya dengan pimpinan KPK sudah diagendakan sejak lama. Namun, baru terlaksana pada hari ini.

"Rencana sudah seminggu lalu tapi karena ada kerjaan yang harus dikerjakan di kantor jadi baru hari ini dapat ketemuan Pak ketua dan anggota yang lain," ujar Jaksa Agung.

 

Bertemu 60 Jaksa KPK

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menambahkan Jaksa Agung juga bertemu dengan 60 jaksa yang ditugaskan di KPK. Burhanuddin juga menyampaikan sebuah pesan.

"Beliau mengatakan jaksa yang tugas di KPK sebaiknya dipakai bentuk candradimuka kalau selesai di KPK bisa menularkan hal-hal yang baik ke kejaksaan beliau sangat berharap itu," ucap Jaksa Agung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mahasiswa Bertopeng Hadiri Wisuda di Hong Kong

Posted: 07 Nov 2019 09:47 PM PST

Mahasiswa mengenakan topeng Guy Fawkes selama aksi protes sebelum upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (AP/Kin Cheung)

Mahasiswa mengenakan topeng Guy Fawkes selama aksi protes sebelum upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (AP/Kin Cheung)

Mahasiswa mengenakan topeng Guy Fawkes selama aksi protes sebelum upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (AP/Kin Cheung)

Mahasiswa mengenakan topeng Guy Fawkes selama aksi protes sebelum upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (AP/Kin Cheung)

Wisudawan bertopeng Guy Fawkes melemparkan topi wisuda setelah upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (AP/Kin Cheung)

Wisudawan bertopeng Guy Fawkes melemparkan topi wisuda setelah upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (AP/Kin Cheung)

Mahasiswa mengenakan topeng Guy Fawkes selama aksi protes pada upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (Philip FONG / AFP)

Mahasiswa mengenakan topeng Guy Fawkes selama aksi protes pada upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (Philip FONG / AFP)

Mahasiswa mengenakan topeng Guy Fawkes selama aksi protes pada upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (Philip FONG / AFP)

Mahasiswa mengenakan topeng Guy Fawkes selama aksi protes pada upacara kelulusan mereka di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, Kamis (7/11/2019). Sekitar seribu mahasiswa mengabaikan larangan mengenakan topeng yang dikeluarkan pemerintah pada Oktober 2019. (Philip FONG / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina EP Ciptakan Alat Pencegah Marine Growth

Posted: 07 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) kembali berinovasi guna mendukung tugas perusahaan mencari sumber minyak dan gas.

Salah satu inovasi yang dirintis melalui PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field di bidang industri migas offshore adalah mencegah pertumbuhan marine growth.

Marine growth adalah sekumpulan hewan atau tumbuhan laut yang tumbuh dan berkoloni di permukaan bangunan/struktur di laut.

Inovasi yang dilakukan dengan menemukan sebuah inovasi alat baru yang bisa menggantikan kerja manual yang dilakukan untuk mengatasi marine growth.

Diberi nama sebagai "Sea-Waroc (Sea Wave Ring Automatic)", alat ini didesain untuk menghilangkan salah satu unsur penyebab pertumbuhan marine growth tersebut, yaitu bahan makanan atau nutrisi.

"Invensi Sea-Waroc ini akan mengurangi biaya secara signifikan dengan mengubah cara lama dalam mengatasi marine growth sekaligus meningkatkan integritas platform offshore yang akan menjamin keberlangsungan bisnis perusahaan," ujar Pertamina EP Asset General Manager Wisnu Hindadari dalam keterangannya, Jumat (8/11/2019).

Menurut Hari, Sea-Waroc membersihkan tiang struktur platform dari bahan-bahan makanan marine growth sehingga pertumbuhannya di tiang struktur platform dapat dicegah.

Sea-Waroc didesain dalam bentuk ring menggunakan prinsip mekanis dan Buoyancy untuk menghilangkan bahan makanan atau nutrisi yang menempel di tiang struktur platform. Alat Sea-Waroc merupakan inovasi baru di dunia migas offshore, bukan adopsi dari model lain.

 

 

Bisa Jadi Masalah

Ilustrasi Pertamina

Hari Widodo, Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field Manager mengatakan jika tumbuhnya marine growth pada permukaan bangunan atau struktur ini dapat menimbulkan berbagai masalah.

"Kondisi bahan makanan atau nutrisi, cahaya matahari, faktor pH (derajat keasaman) dan kondisi lingkungan lain cocok bagi pertumbuhan mereka di sini," ujar dia.

Pada struktur platform, adanya marine growth akan menyebabkan struktur menjadi lebih berat (penambahan massa) sehingga menyebabkan perubahan respon struktur tersebut terhadap beban-beban dinamis yang diterimanya.

"Di samping itu, marine growth akan menyebabkan pertambahan diameter efektif tiang struktur sehingga menyebabkan beban arus dan beban gelombang yang diterima struktur menjadi lebih besar. Hal ini tentu akan berdampak negatif pada kekuatan struktur platform," ujarnya.

 

Sea-Waroc

Anak usaha PT Pertamina (Persero) PT Pertamina EP Asset 4 Donggi Matindok Field. Dok Pertamina

Inovasi Sea-Waroc dilombakan dalam ajang Improvement & Innovation Award (IIA) PT Pertamina EP pada 7-9 Oktober 2019 dan mendapat hasil gold. 

Sebelumnya, demi mengatasi marine growth dengan menggunakan alat water jet yang dioperasikan oleh penyelam membutuhkan biaya sekitar Rp 23,2 miliar, dengan Sea-Waroc hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 31,5 juta.

Dengan demikian terdapat efisiensi sebesar 99,86 persen. Implementasi tersebut sudah berjalan sekitar lima bulan. 

Franky Melky dari Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur – BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) mengatakan alat Sea-Waroc merupakan ide untuk mencegah pertumbuhan marine growth, dengan material yang digunakan mudah didapat sehingga alat Sea-Waroc dapat diterapkan di lapangan offshore lain.

"Kami berharap melalui penemuan alat ini dapat membantu pemasalahan offshore, dengan alat Sea-Waroc, PT Pertamina EP berharap dapat membantu operator lapangan migas lain yang memiliki platform offshore dalam menyelesaikan permasalahan marine growth", ujarnya.

Jatibarang Field merupakan lapangan migas yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Memasuki semester akhir 2019, telah mencatat produksi minyak sebesar 7.924  BOPD (110,5 persen terhadap target), sedangkan produksi gas 41.9  MMSCFD, (99,3 persen terhadap target).

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Angely Emitasari, Pedangdut Asal Lamongan yang Kini Jadi Kepala Desa

Posted: 07 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Angely Emitasari kini tengah menjadi perbincangan di dunia maya. Sosoknya mulai mencuri perhatian usai dilantik menjadi Kepala Desa Kedungkumpul, Kabupaten Lamongan pada Kamis (7/11/2019) silam. Wanita yang akrab disapa Angely ini ternyata seorang penyanyi dangdut

Dilansir dari Merdeka, pelantun lagu 'Cinta Semalam' ini tak pernah bermimpi menjadi seorang kepala desa. Wanita 28 tahun ini mengungkpakan ia berhasil terpilih karena dukungan warga  "Saya maju mencalonkan diri menjadi Kades di Desa Kedungkumpul karena dorongan dari masyarakat di desa saya," ungkapnya . 

Meski kini telah resmi menjadi kepala desa, wanita asal Lamongan ini tidak meninggalkan profesi sebagai penyanyi dangdut. Ia mengaku tetap akan menerima job menyanyi, namun tetap memilah-milah agar jadwalnya tidak bentrok dengan kegiatannya sebagai kepala desa. "Insya Allah masih akan tetap bernyanyi, tapi tidak kayak dulu," kata Angely.

Dilansir dari Merdeka, Angely terjun di dunia musik dangdut sejak duduk di bangku SMA pada tahun 2013. Enam tahun berkarier di dunia tarik suara, wanita berparas ayu ini sudah mengeluarkan beberapa single dan satu album kompilasi dangdut bertajuk Dangdut Keong Racun Vol. 2. 

Jadi penasaran kan seperti apa potret dara manis satu ini? Dilansir dari akun instagram Angely, berikut Liputan6.com pesona Angely Emitasari, penyanyi dangdut yang berprofesi sebagai kepala desa, Jumat (8/11/2019)

1. Ini dia sosok Angely Emitasari. Wanita 28 tahun ini resmi menjabat sebagai kepala desa Kedungkumpul, Lamongan, Kamis (7/11/2019) silam.

Angely Emitasari (Sumber: Instagram/angelemythasari/)

2. Tak hanya sebagai kepala desa, Angely penyanyi dangdut yang cukup terkenal di Jawa Timur.

Angely Emitasari (Sumber: Instagram/angelemythasari/)

3. Wanita yang akrab disapa Angely ini sudah bernyanyi dangdut sejak duduk di bangku SMA pada tahun 2013 silam.

Angely Emitasari (Sumber: Instagram/angelemythasari/)

4. Selama berkarier, Angely sudah menelurkan beberapa single dan satu album kompilasi dangdut bertajuk Dangdut Keong Racun Vol. 2.

Angely Emitasari (Sumber: Instagram/angelemythasari/)

5. Begini gaya santai pelantun lagu 'Cinta Semalam', bak idol Korea ya!

Angely Emitasari (Sumber: Instagram/angelemythasari/)

6. Potret pelantikan Angely sebagai Kepala Desa. Penampilan Angely cantik banget ya!

Angely Emitasari (Sumber: Instagram/angelemythasari/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fuzhou China Open 2019: Kevin / Marcus Tembus Semifinal usai Bekuk Duo Jerman

Posted: 07 Nov 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Fuzhou - Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon mengalahkan Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman) untuk mencapai semifinal Fuzhou China Open 2019.

Unggulan pertama itu meraih kemenangan 21-14, 21-19 di Haixia Olympic Sports Center, Jumat (8/11/2019). Mereka selanjutnya menghadapi pemenang Li Jun Hui/Liu Yu Chen (Tiongkok) vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) untuk mencapai final Fuzhou China Open 2019.

Kevin/Marcus tidak terlalu kesulitan meraih kemenangan atas Lamsfuss/Seidel. Setelah 4-4, mereka melenggang untuk memperbesar keunggulan.

Lamsfuss/Seidel sempat mengejar defisit menjadi 10-11. Namun setelah itu Kevin/Marcus memetik enam poin beruntun sebelum mengamankan gim pertama.

Dalam keadaan tertinggal, Lamsfuss/Seidel sempat memimpin 7-5 di gim kedua. Kedua pasangan lalu bergantian berebut angka hingga 13-13 sebelum Kevin/Marcus melenggang.

Walau Lamsfuss/Seidel coba mengejar, Kevin/Marcus akhirnya mengamankan tiket semifinal Fuzhou China Open dalam pertandingan berdurasi 29 menit.

Wakil Lain

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Dok. PBSI)

Wakil Indonesia lain siap berjuang mengikuti jejak Kevin/Marcus mencapai babak empat besar. Mereka adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Jonatan Christie (tunggal putra), dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Ahsan/Hendra bersua Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dengan Jonatan menghadapi Anders Antonsen (Denmark). Sementara Praveen/Melati meladeni Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Ganja 310 Kilogram Jaringan Aceh-Jakarta Ditembak Mati

Posted: 07 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya mengungkap kasus narkotika jenis ganja seberat 310 kilogram. Dalam kasus ini, polisi menangkap tiga orang tersangka, yakni Ghazali bin Zakaria, M Amin Yunus dan Muriandi alias Andi bin M Kasim.

Penangkapan dilakukan di Aceh, Minggu, 3 November 2019, sekitar pukul 23.00 WIB yang dipimpin oleh Kasubdit I Unit 3 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Ahmad Fanani. 

"Melakukan pengembangan terhadap jaringan narkotika Aceh-Jakarta melakukan penangkapan terhadap tersangka Ghazali dan Amin di depan Bank BRI, Jalan Prof Majid Ibrahim, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie Aceh," kata Fanani dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 8 November 2019. 

"Di mana mereka adalah pengirim barang terhadap tersangka Yopi yang telah tertangkap di Jakarta pada Senin 28 Oktober 2019 dengan barang bukti 142 bungkus ganja," sambung dia.

Dari hasil interogasi polisi kepada tersangka Ghazali, dia mendapatkan perintah dari Muriandi untuk mengirim ganja tersebut ke Jalan Meunasah Kreung, Kecamatan Inginjaya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Di jalan ini, polisi menangkap Muriandi, Senin, 4 November, sekitar pukul 22.00 WIB.

"Ghazali mendapat suruhan dan perintah untuk mengirim barang oleh Muriandi dengan barang bukti ganja yang disita dari Yopi didapat dari Aceh yang dikirim ke Jakarta," ujarnya.

Sempat Melawan dan Serang Petugas

Ilustrasi Narkoba

Setelah ketiganya ditangkap, mereka pun langsung diterbangkan ke Jakarta. Setibanya di Jakarta Kamis, 7 November, sekitar pukul 19.00 WIB, Muriandi yang merupakan residivis diminta untuk mengantarkan keberadaan Burhan (DPO) atau supir pengantar paket ganja sebanyak 310 bungkus dengan menggunakan truk cold warna putih.

"Pengakuan dari Muriandi bahwa Burhan tinggal di daerah Srengseng Kembangan, Jakarta Barat," ucapnya.

Lalu, sekitar pukul 23.00 WIB, ketika hendak menunjukkan tempat tinggal Burhan. Muriandi sempat melakukan perlawanan, sehingga petugas terpaksa memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak dua kali.

"Karena tidak diindahkan oleh Muriandi, selajutnya terhadap Muriandi dilakukan tindakan tegas terukur. Kemudian terhadap tersangka di bawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur," jelasnya.

"Setelah tiba di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, tim dokter menyatakan tersangka Muriandi meninggal dunia," sambungnya.

Dalam kasus ini, polisi telah mengamankan sejumlah barang bukti yakni 1 tas selempang warna krem, 2 buku rekening BNI, 1 buku rekening BRI, 1 buku rekening Seulanga Bank ACEH, 4 Atm BCA, 2 Atm BNI, 1 Atm BRITAMA, 7 HP, 1 mobil merk Toyota Innova warna putih, 1 mobil merk Toyota Avanza warna silver dan 1 motor merk Yamaha N Max warna hitam.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 6 Potret Barbie Kumalasari dengan Putrinya

Posted: 07 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Barbie Kumalasari kini sudah tak asing lagi setelah terjadi perseteruan antara sang suami yaitu Galih Ginanjar dengan mantan istrinya, Fairuz A Rafiq. Perseteruan terkait video ikan asin, membuat Galih Ginanjar kini harus mendekam di penjara. 

Sosok Barbie Kumalasari sempat tenggelam dan tak terlihat perannya lagi di layar kaca televisi setelah membintangi karakter Ijah di sinetron Bidadari pada tahun 2000 silam. Namun pada awal tahun 2018, Barbie Kumalasari muncul kembali dengan penampilan yang jauh berbeda dari sebelumnya.

Berpenampilan berbeda, hubungannya dengan Galih Ginanjar juga turut terdengar publik. Sebelum menjadi istri Galih Ginanjar, wanita kelahiran 7 Mei 1982 ini sudah pernah menikah dengan Farid Dwi Nuryanto. Dari pernikahannya pada 2007 silam, ia dikaruniai seorang putri cantik bernama Keisha Aira Natania. 

Berbeda dengan ibundanya yang sering disorot publik, putri cantiknya justru jarang terekspos. Sosok gadis cantik ini hanya muncul di akun Instagram milik Barbie. Berparas cantik dan manis, berikut ini 6 potret Barbie Kumalasari dengan buah hatinya dirangkum dari akun Instagramnya oleh Liputan6.com, Jumat (8/11/2019). 

1. Sosok putri cantik Barbie Kumalasari, Keisha Aira Natania.

Potret cantik putri Barbie Kumalasari yang jarang terekspos. (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

2. Gadis cantik ini memang jarang sekali terekspos oleh publik.

Potret cantik putri Barbie Kumalasari yang jarang terekspos. (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

3. Selfie bersama, Keisha mewarisi wajah cantik Barbie Kumalasari.

Potret cantik putri Barbie Kumalasari yang jarang terekspos. (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

4. Beranjak remaja, Keisha semakin tampil memesona dengan wajah manisnya.

Potret cantik putri Barbie Kumalasari yang jarang terekspos. (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

5. Babrie Kumalasari cukup sering mengunggah foto kebersamaannya dengan sang buah hati.

Potret cantik putri Barbie Kumalasari yang jarang terekspos. (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

6. Momen kekompakan Barbie, Keisha dan ayah tirinya, Galih Ginanjar saat selfie bersama.

Potret cantik putri Barbie Kumalasari yang jarang terekspos. (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tokoh Ini Akan Diberi Gelar Pahlawan Nasional 2019

Posted: 07 Nov 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh di Istana Negara, Jakarta. Enam tokoh tersebut dinilai sangat berjasa bagi Indonesia.

Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Negara Jimly Asshiddiqie menyebut, enam tokoh yang akan diberi gelar pahlawan nasional pada Jumat (8/11/2019) adalah: 

1. Kahar Muzakkar

2. Alexander Andries (AA) Maramis

3. KH Masykur

4. Prof M Sardjito

5. Ruhana Kudus

6. Sultan Himayatuddi

Jimly Asshiddiqie menyebut, Kahar Muzakkar mendapat gelar pahlawan nasional karena berkontribusi besar dalam Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

"Bukan karena rektor, tapi untuk Kahar Muzakkar bersama Maramis & KH Masykur sebagai anggota BPUPKI/PPKI. Mereka tersisa yang belum dapat gelar pahlawan. Jasa mereka sangat besar," kata Jimly saat dihubungi merdeka.com, Jumat (8/11/2019).

Demikian juga dengan Sardjito. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan, Sardjito berjasa besar dalam dunia pendidikan sehingga mendapat gelar pahlawan nasional.

Sardjito merupakan mantan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. "Sardjito jasanya sangat besar di dunia pendidikan," ucap Jimly.

2 Tokoh Lainnya

Jimly mengatakan, Ruhana Kudus dan Sultan Himayatuddin berjasa dalam dunia pendidikan dan melawan penjajah. Jimly menyebut, kedua tokoh tersebut memang diusulkan lantaran selama ini belum ada pahlawan nasional yang berasal dari Sumatera Barat dan Sulawesi Tenggara.

Ruhana Kudus merupakan jurnalis perempuan pertama asal Sumatera Barat. Sedangkan Sultan Himayatuddin putra asal Sulawesi Tenggara.

"Sultan Himayatuddin yang melawan Belanda sehingga terpaksa turun tahta lalu sesudah berjuang naik tahta 2 kali jadi sultan," kata Jimly.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Iran 5,8 Magnitudo, Tiga Desa Dilaporkan Hancur

Posted: 07 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Iran - Iran dilanda gempa dengan kekuatan 5,8. Lima orang dilaporkan tewas dan 120 lainnya cedera, menurut Press TV milik pemerintah Iran.

Survey Geologi AS mencatat, gempa bumi yang terjadi pada Jumat, (8/11/2019) menghantam 57 kilometer (35 mil) dari kota Hashtrud di Provinsi Azerbaijan Timur, pada pukul 02.17 pagi setempat.

Ada laporan awal bahwa tiga desa kecil di daerah itu hancur akibat gempa, demikian laporan semi-resmi FARS.

Melansir dari CNN, tim darurat dan evaluasi beroperasi atas perisita gempa tersebut, serta tim Red Crescent telah dikirim ke daerah itu.

Sering Dilanda Gempa

Ilustrasi Gempa (Ilustrasi: iStockphoto)

Iran berada di garis patahan utama antara lempeng Arab dan Eurasia dan telah mengalami banyak gempa bumi di masa lalu.

Tahun lalu, gempa yang melanda di dekat perbatasan Iran-Irak pada November menewaskan sedikitnya 361 orang.

Lebih dari 400 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka ketika gempa berkekuatan 7,3 skala Ritcher melanda dekat perbatasan Iran-Irak pada November 2017.

Lalu, yang paling dahsyat terjadi pada 2003 dengan gempa berkekuatan 6,6 melanda kota tenggara Bam, menewaskan sekitar 26.000 orang.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Griezmann Salah Posisi di Barcelona

Posted: 07 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih tim nasional Prancis, Didier Deschamps, menilai Antoine Griezmann butuh waktu untuk bisa adaptasi dengan sempurna di Barcelona. Sebab, sang pemain memainkan posisi yang berbeda dengan yang biasa ia mainkan di Atletico Madrid atau Prancis.

Griezmann pindah ke Barcelona dari Atletico di bursa transfer musim panas lalu. Azulgrana membelinya dengan nilai 120 juta euro (Rp 1,8 triliun).

Performa pemain 28 tahun itu hingga kini belum stabil. Ia baru menyumbangkan empat gol dalam sepuluh penampilan La Liga.

Meski demikian, hal ini tak membuat Deschamps cemas. Menurut dia, yang dibutuhkan Griezmann hanyalah waktu untuk menyatu dengan tim.

"Saya tidak khawatir dengan Griezmann. Bahkan jika Anda memiliki pemain-pemain hebat di Barcelona, itu tidak terjadi dalam sehari. Itu tergantung pada bagaimana mereka bermain, bagaimana mereka bekerja satu sama lain," kata Deschamps di Soccerway.

 

Salah Posisi

(AP Photo/Joan Monfort)

Menurut Deschamps, hambatan utama Griezmann untuk menunjukkan ketajamannya di Barcelona adalah posisi. Jika di Prancis atau Atletico, ia bermain sebagai second striker, tapi di Camp Nou, ia digeser jadi winger kiri.

"Griezmann ditempatkan di posisi yang berbeda dari posisinya di Prancis, meskipun dia sudah bermain di sayap sejak lama. Dia harus cocok dengan tim dan para pemain lain. Dia tidak memilih solusi termudah dan ini adalah klub besar, jadi harapannya sangat besar. Dia selalu menjadi bagian dari tim, tetapi dia belum terbiasa dengan gaya Barcelona."

"Bahkan ketika Griezmann tidak bagus, dia selalu bersikap positif untuk tim. Bersama kami, ini adalah situasi yang berbeda, posisi yang berbeda, dia dapat bermain di posisi terbaiknya di mana saya telah menempatkannya sejak lama. Tentu saja, dia memiliki peran yang sangat penting dalam cara kami bermain," Deschamps menambahkan.

Puncak Klasemen

Barcelona sendiri kini berada di puncak klasemen La Liga. Griezmann dan kawan-kawan unggul selisih gol atas Real Madrid yang memiliki poin sama di posisi dua.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemuda Belanda Ciptakan Kapal Penjerat Sampah

Posted: 07 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pemuda Belanda mencoba memecahkan masalah sampah plastik di perairan dengan menciptakan kapal penjerat sampah sungai. Kapal "Interceptor" ciptaannya sudah beroperasi membersihkan sampah sungai di beberapa negara, termasuk Indonesia. Berikut laporan Helmi Johannes dari VOA di Washington, DC.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaesang Pangarep Bikin Rekan Bisnisnya Menangis di Hari Pernikahan, Kenapa?

Posted: 07 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep selama ini dikenal dengan celotehannya di jejaring sosial Twitter yang kerap mengundang gelak tawa. Kali ini, Kaesang Pangarep menuliskan cerita yang tak kalah kocak saat menghadiri sebuah pesta pernikahan. 

Anak bungsu Presiden Joko Widodo tersebut diundang untuk menghadiri pesta pernikahan manajer usaha kulinernya yang digelar di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan.

Sebagai pemilik usaha, Kaesang Pangarep tak ingin melewatkan momen pernikahan rekan bisnisnya tersebut. 

Kaesang Pangarep pun rela menempuh perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta menuju lokasi acara pernikahan. Hal ini Kaesang Pangarep ungkapkan lewat cuitannya yang kini telah disukai lebih dari enam ribu orang. 

Menangis

Kaesang Pangarep (Foto: Deki Prayoga/Bintang.com)

"GM Sang Pisang hari ini menikah di kampung halamannya, Sidrap," tulis Kaesang Pangarep, di Twitter, Kamis (7/11/2019). 

Ketika hendak memberi selamat, Kaesang Pangarep justru dipeluk erat oleh rekan bisnisnya tersebut. Bahkan, sang manajer mengeluarkan air mata kala melihat adik Gibran Rakabuming Raka ini berdiri di hadapannya.

 

 

Kebingungan

Kaesang Pangarep (Sumber: Instagram/kaesangp)

"Waktu saya naik ke pelaminannya, dia langsung cium tangan terus peluk saya sambil menangis," ungkap Kaesang Pangarep. 

Kejadian tersebut membuat pria 24 tahun ini kebingungan. Kaesang Pangarep mengira sang manajer tengah menghargai usahanya yang telah datang jauh-jauh dari Jakarta.

 

 

Kurang Jatah Cuti

Kaesang Pangarep (Liputan6.com/Fajar Abrori)

"Saya kira dia terharu karena perjalanan panjang yang saya tempuh dari Jakarta-Sidrap," tuturnya. Rupanya, tangisan tersebut bukan karena perjuangan Kaesang yang harus menempuh perjalanan jauh. Melainkan, Kaesang dianggap kurang memberikan jatah cuti untuk sang manajer. 

"Ternyata nangis karena cuti kurang," ujar Kaesang Pangarep yang terkesan memberikan plot twist dalam ceritanya.

 

 

Dikomentari Warganet

Warganet yang membaca cuitan Kaesang Pangarep lantas memberikan reaksi yang beragam. Beberapa dari mereka terlihat menimpali cerita Kaesang dengan candaan mereka. 

"Aku kira nangis gegara kasian liat mas kaesang belom bisa nyusul nikah," sahut akun @nuchtela 

"Oh dikirain nangis karena kakinya keinjek ama mas kaesangg," kata akun @chocolizius

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaspersky: Serangan Mobile Malware di Indonesia Terbanyak se-Asia Tenggara

Posted: 07 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laporan perusahaan keamanan siber Kasperky Labs menunjukkan, dari Januari hingga September 2019 perusahaan telah memblokir sekitar 632.451 upaya serangan mobile malware ke perangkat seluler di Indonesia. Ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah ancaman Android terbanyak yang terdeteksi se-Asia Tenggara.

Masih menurut laporan yang sama, ditemukan bahwa sekitar 29,07 persen pengguna Android Indonesia telah diamankan dari mobile malware selama periode yang sama.

Ada pula temuan 106 serangan Trojan mobile banking di Indonesia hingga akhir kuartal ketiga tahun ini. Untuk kasus ini, Indonesia berada di tiga teratas setelah Thailand (329) dan Malaysia (215).

Terkait serangan Trojan ransomware seluler yang diblokir oleh Kaspersky, Indonesia memiliki jumlah tertinggi (161 kasus) dan secara signifikan ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 96 kasus saja.

"Sekitar separuh (53 persen) populasi Indonesia adalah pengguna internet mobile. Bahkan jumlah pengguna internet di negara kepulauan ini setara dengan 6,5 persen pengguna internet di Asia. Ini menjadikan negara Indonesia sebagai target menarik dan menggiurkan bagi para pelaku peretasan yang menargetkan pengguna seluler," ujar Yeo Siang Tiong , General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky.

Saat ini, menurut Yeo, "merupakan tantangan bagi semua pihak terkait untuk meningkatkan status digital hygiene negara."

Rekomendasi Kaspersky

Kaspersky merekomendasikan beberapa langkah berikut untuk mengenali dan menghindari malware Android:

  • Unduh aplikasi hanya dari toko resmi seperti Google Play. Aplikasi dari pasar pihak ketiga adalah tempat persis para peretas membuat aplikasi mereka yang penuh dengan malware.
  • Memblokir instalasi perangkat lunak dari sumber pihak ketiga dalam pengaturan perangkat. Ini menghilangkan ancaman yang diunduh secara acak dengan upaya meniru pembaruan sistem dan sejenisnya.
  • Selalu memasang pembaruan sistem dan aplikasi. Upaya ini mampu memperbaiki kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh para pelaku kejahatan siber.
  • Berpikir keras sebelum mengklik tautan yang mencurigakan dalam email atau pesan teks.

(Why/Isk) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara KKP Dorong Pengembangan SDM Perikanan Unggul

Posted: 07 Nov 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menggelar Dialog dan FGD Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jumat (08/11/2019).

Dalam forum bertajuk P2MKP Berinovasi untuk SDM Unggul Indonesia Maju tersebut, Kepala BRSDM KKP Sjarief Widjaja mendorong pengembangan SDM perikanan dan kelautan sesuai dengan cita-cita pembangunan nasional.

"Guna mewujudkan sektor kelautan dan perikanan yang berdaulat, berkelanjutan dan dapat berperan meningkatkan kesejahteraan bangsa, diperlukan individu yang kompeten, memiliki integritas, disiplin, kreatif dan beretos kerja tinggi," ujarnya di Jakarta, Jumat (08/11/2019).

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 instruktur dan pengelola P2MKP yang mewakili 350 P2MKP seluruh Indonesia.

Pelatihan P2MKP tidak hanya terpusat di lembaga pendidikan dan kelautan saja, namun tersebar di seluruh Indonesia.

Nantinya, P2MKP akan menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan mampu menjadi wirausaha baru di bidang kelautan dan perikanan.

Strategi ini dipandang efektif dan efisien karena dapat menjangkau daerah-daerah sentra perikanan dan menggunakan metode praktik langsung di unit usaha kelautan dan perikanan.

 

Edhy Prabowo Janji Tindak Tegas Anak Buah Terlibat Pencurian Ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan restocking 50.000 ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring. (Foto: KKP)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memastikan terus melanjutkan aksi pemberantasan kapal pencuri ikan (illegal fishing) dari perairan Indonesia. Aksi illegal fishing ditegaskan menjadi musuh bersama.

"Illegal fishing merupakan tugas kita semua. Salah satu domain KKP menjaga laut dari kapal-kapal pencuri. Jadi illegal fishing menjadi musuh kita bersama," ujar dia di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (5/11/2019).

Edhy akan menggandeng sejumlah stakeholder untuk memberantas kapal pencuri ikan dari perairan Indonesia. Beberapa di antaranya adalah angkatan laut, kepolisian serta pemangku kepentingan sektor perikanan lainnya.

"Tapi kan kita tidak sendiri saya yakin angkatan laut bersama kami, kepolisian akan bersama kami, terus para pemangku kepentingan sektor kelautan juga akan bersama kami," jelas dia.

Dia menambahkan, selama ini ada aduan bahwa oknum Ditjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) turut bermain dalam illegal fishing. Hal ini akan segera ditindaklanjuti untuk menemukan akar permasalahan sebenarnya.

"Jadi tetap illegal fishing akan menjadi PR utama kita untuk kita awasi. Dalam waktu dekat saya akan kumpulkan pengawas PSDKP kita, saya akan adakan apel untuk komitmen sama sama menjaga. Dulu kan isunya oknum PSDKP ikut bermain, ada oknum ikut bermain kita akan hilangkan peran ini," jelasnya.

Meski fokus melakukan pemberantasan illegal fishing, KKP ke depan akan terus berupaya meningkatkan pendapatan nelayan melalui budidaya dan penangkapan ikan. Sehingga, nelayan tetap mendapatkan kehidupan layak melalui sektor perikanan yang semakin baik.

"Kami tahu tugas ini tidak ringan, KKP disamping menangani Illlegal fishing juga harus memastikan nelayan-nelayan mendapatkan penghasilan yang layak, pembudidaya mendapat penghasilan yang layak," tandasnya.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fahira Idris ke Polda Metro: Saya Bawa Bukti Postingan Ade Armando soal Anies Baswedan

Posted: 07 Nov 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris datang ke Polda Metro Jaya untuk mengklarifikasi soal laporannya terhadap dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando.

"Jam 10 akan melakukan klarifikasi pertama. Saya juga tidak tahu apa yang akan ditanyakan yang pentingkan saya bawa semua bukti-bukti yang dibutuhkan," ujar Fahira di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2019). 

Fahira datang membawa bukti-bukti yang diperlukan untuk memproses laporannya tersebut. Laporan Fahira terdaftar dalam nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019.

"Saya bawa bukti-bukti postingan Ade Armando dan juga foto resmi Gubernur DKI Jakarta," tambahnya.

Fahira juga menegaskan sekali lagi bahwa pelaporan ini dibuat bukan karena Anies Baswedan, tapi dilakukannya sebagai wakil rakyat yang perlu menegakan kebeneran.

"Sekali lagi saya melakukan itu bukan karena untuk Pak Anies Baswedan. Tapi siapapun Gubernurnya saat ini pasti itulah yang saya permasalahkan, karena itu dokumen elektronik milik orang lain yang dirusak oleh orang lain tanpa hak," ucapnya. 

Jangan Takut Melapor

Ketua Gerakan Nasional Anti Miras Fahira Idris (kiri) menyampaikan pendapatnya saat diskusi forum legislasi di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (10/11/2015). Diskusi tersebut membahas penerapan RUU Minuman Beralkohol. (Liputan6.com/JohanTallo)

Fahira juga menyampaikan kepada semua masyarakat untuk tidak takut melaporkan ke pada pihak berwajib apabila ada pelanggaran hukum yang terjadi.

"Harapannya sebagai salah satu anggota MPR, saya ini tugasnya mewakili masyarakat. Jika ada permasalahan hukum segera lapor ke polisi. Sebenarnya polisi ini kan sahabat kita tidak perlu takut, tidak perlu juga ada yang mengatakan nanti diproses atau tidak ya," ungkapnya. 

Fahira menjelaskan bahwa dirinya melaporkan perkara ini pada tanggal 1 November 2019 dan dapat surat jawaban dari Polda Metro Jaya pada tanggal 6 November. Lalu diminta untuk memenuhi panggilan ke Polda pada tanggl delapan.

"Saya di sini mau mengucapkan terima kasih banyak kepada kepolisian Republik Indonesia atas respon cepatnya. Khususnya pada Polda Metro saya mengucapkan terima kasih, ini betul-betul sangat saya apresiasi," tutup Fahira.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Cantik Donita dengan Hijab Anggunnya, Bikin Adem

Posted: 07 Nov 2019 09:23 PM PST

Donita merupakan artis yang telah membintangi berbagai judul FTV, film, dan sinetron. Salah satunya sinetron lawas Cinta Fitri yang melambungkan namanya pada 2007 silam. (Liputan6.com/IG/@donitabhubiy)

Donita merupakan artis yang telah membintangi berbagai judul FTV, film, dan sinetron. Salah satunya sinetron lawas Cinta Fitri yang melambungkan namanya pada 2007 silam. (Liputan6.com/IG/@donitabhubiy)

Donita yang menikah dengan artis Adi Nugroho pada 2014 lalu, telah dikaruniai dua anak bernama Svarga dan Parvaiz. (Liputan6.com/IG/@donitabhubiy)

Donita yang menikah dengan artis Adi Nugroho pada 2014 lalu, telah dikaruniai dua anak bernama Svarga dan Parvaiz. (Liputan6.com/IG/@donitabhubiy)

Mantap berhijab sejak Mei lalu, Donita tetap tampil modis dan elegan dalam setiap foto-fotonya di Instagram. (Liputan6.com/IG/@donitabhubiy)

Mantap berhijab sejak Mei lalu, Donita tetap tampil modis dan elegan dalam setiap foto-fotonya di Instagram. (Liputan6.com/IG/@donitabhubiy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia 3 Film Pilihan di November 2019

Posted: 07 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2019 akan segera berakhir, di akhir tahun 2019 ini akan ada banyak film bioskop yang bisa kamu tonton.

Mulai dari film drama, komedi hingga horor akan menemani akhir tahun kamu. Berbagai film terbaru ini bisa kamu tonton bersama keluarga, sahabat, atau pun pacar loh.

Pada kesempatan kali ini, Review Mulu hadir dalam segmen baru berjudul "Nonton Ga Ya?!". Dalam segmen ini para host akan me-review dan preview film-film yang akan tayang di bulan November 2019.

Penasaran kira-kira film apa saja? Saksikan selengkapnya di channel Review Mulu hanya di Vidio.

Saksikan Videonya di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang 60 Tahun Hubungan Indonesia-Vietnam

Posted: 07 Nov 2019 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pameran foto digelar dalam rangka perayaan 60 tahun hubungan Indonesia-Vietnam . Pameran ini digelar dengan dukungan penuh dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, 

Pameran itu menampilkan foto-foto proklamator RI, Sukarno dan Bapak Bangsa Vietnam Ho Chi Minh saat bertukar kunjungan pada 1959. 

Pameran yang digelar di Gedung Arsip Nasional, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat itu dibuka oleh Menlu RI Retno Marsudi dan Wamenlu Vietnam Bui Thanh Son. Hadir Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menggarisbawahi, Bung Karno dan Ho Chi Minh mendasarkan hubungan mereka dalam semangat membangun persaudaraan dunia, yaitu kemerdekaan ialah hak segala bangsa.

Keduanya juga memelopori sebuah gerakan dalam mewujudkan tata dunia baru yang berkeadilan, damai, dan tidak ada penjajahan antarbangsa, seperti Indonesia-Vietnam.

"Keduanya menunjukkan bagaimana semangat persahabatan yang sejati dibangun di antara kedua pemimpin. Dan hasilnya kita hadir sebagai bangsa yang disegani di dunia dan punya prinsip-prinsip sebagai negara yang berdaulat," kata Hasto, Jumat (8/11/2019).

Sementara, Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa pertukaran kunjungan antara kedua tokoh itu punya makna fundamental. Sebab itulah yang mendasari persahabatan antara Indonesia-Vietnam yang berlangsung hingga saat ini.

"Persahabatan tak bisa dibangun dalam satu malam saja. Dalam konteks ini, persahabatan pendiri negara kita Bung Karno dan Presiden Vietnam Bapak Ho Chi Minh punya arti strategis," kata Menlu Retno Marsudi. 

Anggota Tak Tetap DK PBB

Menurut Retno, pameran ini memiliki makna strategis mengingat tahun ini kedua negara melaksanakan perayaan persahabatan kedua negara yang ke-60. Dan Indonesia serta Vietnam akan sama-sama menjadi anggota tak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB.

"Ini bukan pertama kalinya, karena kita juga pernah sama-sama di tahun 2008. Maka itu kami sangat bahagia bisa ikut merayakan hubungan ini. Dan tentu kita harus berterima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri yang telah selalu mendukung terselenggaranya acara ini," ujar Retno.

Dia pun mengutip sebuah pernyataan legendaris dari Bung Karno sebagai pemaknaan atas esensi pameran itu.

"Bahwa kita tak boleh sekali-kali melupakan sejarah. Karena sejarah inilah yang mengubah dan menentukan siapa kita saat ini," ujar Retno.

Sementara, Wamenlu Vietnam Bui Thanh Son menyatakan apresiasi serta penghargaan yang tinggi atas kehangatan Indonesia terhadap Vietnam. Menurut dia, Indonesia selalu berada di sisi Vietnam dalam memperjuangkan kemerdekaannya sejak awal.

"Bung Karno memainkan peran penting dalam mempromosikan kemerdekaan di negara Asia dan Afrika, termasuk Vietnam, lain melalui semangat Konferensi Asia - Afrika 1955. Semangat konferensi itu yang mendorong Paman Ho dalam mendorong kemerdekaan Vietnam," kata Bui Thanh Son. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Pensiun, Jack Ma Kembali Jadi Orang Terkaya di China

Posted: 07 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Pendiri Alibaba Jack Ma memang sudah pensiun, tetapi ia masih mendapat predikat orang terkaya di China versi Forbes. Kekayaan Jack Ma kini tercatat sebesar USD 38,2 miliar atau Rp 535,7 triliun (USD 1 = Rp 14.023).

Kekayaan Jack Ma mengalahkan rivalnya, CEO Tencent Ma Huateng. Kekayaan sang bos Tencent ada di peringkat dua daftar ini dengan jumlah USD 36 miliar (Rp 504 triliun)

Lebih dari setengah orang kaya di daftar terkaya China mengalami kenaikan kekayaan. Hanya ada seperempat yang kekayaannya menurun.

Forbes menjelaskan bahwa perang dagang yang terjadi tidak begitu memberi dampak ke para miliarder, terbukti kekayaan miliarder di China pun meningkat dari tahun lalu. Konsumsi domestik menjadi penopang hal tersebut.

"Kekayaan (Jack) Ma naik menjadi USD 38,2 miliar dari USD 34,6 miliar pada tahun sebelumnya," jelas Forbes.

Stok Alibaba disebut mendapat untung dari popularitas e-commerce China. Konsumen China pun makin doyan untuk belanja online.

Itu pun terbukti dari naiknya kekayaan Colin Huang, CEO platform e-commerce Pinduoduo, menjadi USD 21,2 miliar (Rp 297,3 triliun). Artinya, kekayaannya naik hampir USD 10 miliar dari tahun lalu.

Meningkatnya e-commerce di China juga membawa untung bagi perusahaan pengantar barang. Kekayaan Lai Meison, CEO dari layanan pengantar ZTO, juga naik menjadi USD 4,6 miliar (Rp 64,5 triliun).

Salah satu miliarder yang kekayaannya turun adalah Li Shufu yang merupakan Chairman Geely Group dan pemilik Volvo.

Penjualan mobil yang lesu membuat kekayaan Li Shufu turun dari USD 14,2 miliar (Rp 199 triliun) menjadi USD 12,9 miliar (Rp 180 triliun).

Jack Ma Pensiun

Jack Ma dalam pertemuan tahunan World Economic Forum yang digelar di Davos, Swiss (18/1/2017) (AP)

Pendiri sekaligus Chairman Grup Alibaba Jack Ma resmi pensiun dari Alibaba pada Selasa, 10 September 2019.

Ia meninggalkan tugasnya memimpin bisnis E-ecommerce dengan valuasi USD 4.060 miliar itu kepada penggantinya, Daniel Zhang.

Mengutip Reuters, Selasa, 10 September 2019, Jack Ma yang tahun ini berusia 55 tahun mengadakan sebuah pesta perpisahan di stadion Hangzhou Olympic Sport Center.

Di stadion berkapasitas 80.000 orang ini, Jack Ma menyelenggarakan pesta perpisahan meriah, penuh dengan performa pemusik dan selebritas.

Para tamu yang hadir pun bakal mendapatkan petunjuk bagaimana Alibaba akan berjalan di bawah sang pengganti Jack Ma, Daniel Zhang.

Zhang merupakan seorang akuntan yang bicaranya kalem, berbeda dengan Jack Ma yang gayanya flamboyan dan kharismatik dalam memimpin. Jack Ma bahkan dianggap seorang pebisnis Tiongkok yang paling terkenal.

Padahal sebelumnya Jack Ma merupakan guru Bahasa Inggris yang mendirikan Alibaba, 20 tahun lalu di sebuah apartemen kecil di kota Hangzhou.

Memuji Pengganti Alibaba

Suksesor Jack Ma di Alibaba Group, Daniel Zhang. Dok: CNBC

Jack Ma juga bercerita tentang calon penggantinya di Alibaba.

"Zhang memiliki logika dan keterampilan berpikir kritis layaknya komputer super, komitmen terhadap visinya, keberanian untuk mengambil inovasi bisnis yang inovatif," kata Jack Ma, berbicara tentang calon penggantinya pada 2018 lalu.

Sementara itu, salah satu tantangan bagi Zhang di Alibaba adalah mengembangkan bisnis Alibaba di luar Tiongkok.

"Bagi Daniel Zhang, hal ini akan jadi tantangan besar," tutur analis Liu Yiming.

Ketika Jack Ma menyampaikan pidato perpisahannya, investor ingin mengetahui bagaimana Ma akan terlibat dalam manajemen serta mungkinkan Jack Ma akan terus mengarahkan strategi perusahaan yang luas.

Ma sendiri menyebut, dia akan menjadi mentor manajemen Alibaba.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Arumi Bachsin Menyelam Bareng Ibu PKK se-Madura, Seru Banget

Posted: 07 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Arumi Bachsin salah satu selebriti Tanah Air yang memilih berhenti menjadi publik figur di dunia hiburan. Sejak menikah dengan Emil Dardak, wanita cantik kelahiran 19 Februari 1994 ini lebih berfokus menemani sang suami bertugas sebagai pejabat negara. 

Emil Dardak yang kini menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur yang menjabat sejak 13 Februari 2019, membuat Arumi Bachsin juga turut terjun ke masyarakat. Emil juga pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek sejak 17 Februari 2016 hingga 12 Februari 2019.

Arumi Bachsin kini disibukkan berbagai kegiatan sebagai istri dari gubernur. Mulai dari menghadiri berbagai acara sampai mengikuti rapat di berbagai daerah di Jawa Timur. Seperti ketika ia mengikuti rapat koordinasi rutin PKK, DWP dan Perwosi di Madura. 

Bukan hanya sekadar rapat, Arumi juga berkesempatan merasakan menyelam alias snorkeling di Pulau Gili Genting dan Pulau Gili Labak. Hal ini diungkapnya lewat postingan di akun Instagramnya.

Sibuk jadi istri Wagub Jatim, berikut ini 6 potret keseruan Arumi Bachsin kala menikmati pemandangan bawah laut di Pulau Gili Genting dan Pulau Gili Labak, Jawa Timur bersama ibu-ibu ketua se-Madura, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (8/11/2019). 

1. Arumi Bachsin bersama ibu-ibu ketua saat sampai di Pulau Gili Labak pada 3 Oktober 2019 lalu.

Momen Arumi Bachsin menyelam di Pulau Gili bareng ibu-ibu ketua Kabupaten Madura seusai rapat PKK. (Sumber: Instagram/@arumi_arumi_94)

2. Arumi merasakan pemandangan bawah laut dan tak lupa berfoto bersama ikan yang indah.

Momen Arumi Bachsin menyelam di Pulau Gili bareng ibu-ibu ketua Kabupaten Madura seusai rapat PKK. (Sumber: Instagram/@arumi_arumi_94)

3. Penampilan Arumi Bachsin ketika snorkeling lengkap dengan peralatan menyelam, tetap cantik!

Momen Arumi Bachsin menyelam di Pulau Gili bareng ibu-ibu ketua Kabupaten Madura seusai rapat PKK. (Sumber: Instagram/@arumi_arumi_94)

4. Menyelam di Pulau Gili Labak, Arumi Bachsin selalu tersenyum menikmati keindahan alam.

Momen Arumi Bachsin menyelam di Pulau Gili bareng ibu-ibu ketua Kabupaten Madura seusai rapat PKK. (Sumber: Instagram/@gililabak.id)

5. Momen foto bersama dengan rekan-rekannya, seru banget!

Momen Arumi Bachsin menyelam di Pulau Gili bareng ibu-ibu ketua Kabupaten Madura seusai rapat PKK. (Sumber: Instagram/@arumi_arumi_94)

6. Arumi Bachsin yang terpesona, sempat berpesan untuk menjaga terumbu karangnya agar tetep indah kepada para penjaga pulau.

Momen Arumi Bachsin menyelam di Pulau Gili bareng ibu-ibu ketua Kabupaten Madura seusai rapat PKK. (Sumber: Instagram/@maskurjoker_gililabak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikmati Yogyakarta Rasa Las Vegas di Hotrod Weekend Party

Posted: 07 Nov 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta - Siapa bilang harus jauh-jauh ke Amerika Serikat untuk bisa merasakan atmosfer Las Vegas? Hotrodingingrat, komunitas mobil kustom Amerika di Yogyakarta, menghadirkan suasana glamour Las Vegas di Yogyakarta melalui Hotrod Weekend Party (HWP) ke-5 yang diadakan pada Sabtu sampai Minggu (9-10/11/2019). Sebanyak 70-an mobil kustom Amerika bergaya 60-an dan 70-an bisa dinikmati dalam perhelatan ini.

"Rutinitas menyatukan mobil-mobil klasik kustom Amerika untuk bersama-sama berkumpul di Yogyakarta ini sudah menjadi semacam tradisi bagi pemilik dan penyuka mobil klasik kustom Amerika di Indonesia," ujar Mochammad Arief, Ketua Panitia HWP kw-5, Jumat (8/11/2019).

Ia menyebutkan setiap tahun pecinta mobil kustom Amerika membangun dan merestorasi kendaraannya untuk dibawa ke Yogyakarta dan bertemu dengan penggemar lainnya dari Lampung, Bandung, Jawa Timur, dan Bali.

HWP mengemas acara ini menjadi seperti pameran mobil untuk diperkenalkan kepada masyarakat umum baik mereka yang memang sudah menyukai mobil klasik kustom Amerika maupun mereka yang mengapresiasi mobil-mobil cantik ini. Acara ini pun gratis dan terbuka untuk umum.

Sejak 2015 sampai 2017, HWP selalu diselenggarakan di JEC Yogyakarta. Pada 2018, HWP digelar di Kampung Mataraman Resort dan pada tahun ini akan diselenggarakan di Hotel Melia Purosani dengan tema Las Vegas.

"Terinspirasi dari mobil-mobil berderet parkir di halaman hotel berbintang lima di Las Vegas," ucapnya.

Sepanjang acara terdapat sejumlah acara pendukung seperti Pinstriping Exhibition, Die Cast exhibition, Low Rider contest, Dunk Tank, serta hiburan musik beraliran rock and roll, rockabilly, dan sejenisnya yang mendukung terciptanya suasana Las Vegas pada era 1960-1970-an.

Band yang akan tampil dalam HWP 2019, antara lain, Tiger Paw, Kiki and The Klan, Positive Vibration, Donald Duck, dan Tango Tequila. dan lainnya.

Ia menuturkan akan ada photo hunting rally di sekitar mobil kustom Amerika dengan empat orang model berdandan ala pin up menyesuaikan mobil di zamannya.

Tidak ketinggalan, stan kuliner dan food truck juga bisa dipilih sebagai tempat untuk bersantai ketika menikmati acara ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teater Koma Sentil Nilai Kejujuran Kaum Urban Lewat Lakon J.J Sampah-Sampah Kota

Posted: 07 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Panggung teater kembali diramaikan dengan produksi terbaru dari Teater Koma yang berjudul J.J Sampah-Sampah Kota. Aksi teater ini akan ditampilkan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki dari mulai 8 sampai 17 November 2019.

Lakon J.J Sampah-Sampah Kota ini berkisah tentang sepasang suami istri bernama Jian dan Juhro yang hidup di gubuk kolong jembatan. Jian bekerja sebagai pengangkut sampah yang hanya digaji harian. Meski begitu, ia tidak pernah mengeluh dan selalu rajin bekerja setiap hari untuk menghidupi istrinya yang sedang hamil tua.

Setiap gerak-gerik mereka tak lepas dari pengawasan mandor kepala dan tiga mandor bawahannya. Suatu hari, mereka ingin mengetes kejujuran Jian dengan menjatuhkan tas berisi uang di tempat saat ia bekerja. Tapi, rencana itu tidak berjalan lancar dan membuat Jian difitnah hingga dipenjara.

Teater ini memberikan kisah tentang kejujuran orang, hanya saja semakin apik dibungkus dengan aksi-aski lucu dari para pementas. Semua pementas menampilkan aksi dengan sangat luwes. Terlebih aksi menyanyi dan tarian di atas panggung ditampilkan secara alami.

Menampilkan kembali aksi teater J.J Sampah-Sampah Kota ini tidaklah mudah, sutradara Rangga Riantiarno berusaha membuat modern tampilan tanpa menghilangkan suasana 40 tahun lalu. Tapi di sisi lain, ia juga ingin menyelipkan pesan bahwa waktu 40 tahun belum tentu cukup mengubah orang dalam perilaku kejujurannya.

Kisah Kejujuran

Pementasan J.J Sampah-Sampah Kota (dok Liputan6.com/Ossid Duha Jussas Salma)

Naskah dari J.J Sampah-Sampah kota ini dituliis oleh Nano Riantiarno saat berada di Lowa, Amerika Serikat. Ia sengaja mengisahkan tentang kejujuran dari orang-orang bawah dan penguasa, karena pada era apapun kejujuran menjadi masalah yang terus ditemui di sudut kota.

Kisah kejujuran dalam teater produksi ke-159 Teater Koma yang disutradarai oleh Rangga Riantiarno ini dibuat lucu, haru, dan menarik. Bukan hanya dialog lucu dari pemeran, musik dan tarian dibuat asyik sehingga penonton tidak bosan walaupun penampilan cukup lama kurang lebih 4 jam.

Bersama Bakti Budaya Djarum Foundation, Tetaer Koma kembali menghidupkan suasana lakon J.J Sampah-Sampah Kota yang pernah ditampilkan pada 1979. Detail panggung dibuat modern dengan versi 70-an untuk mempertahankan suasana penampilan pertama J.J Sampah-Sampah Kota.

"Dalam produksi teater ini, kami melibatkan banyak generasi muda. Terutama kami ingin menghidupkan J.J Sampah-Sampah Kota dengan suasana dan kesegaran baru," kata Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation dalam wawancara di Graha Bhakti Budaya pada Kamis, 7 November 2019. Tiket pertunjukan dijual mulai Rp60 ribu--Rp500ribu. Tertarik menonton?

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggal di 3 Kota Ini Dihadiahi Uang dan Rumah Gratis, Berminat?

Posted: 07 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal di desa pada era digital seperti saat ini nampaknya bukan hal yang begitu menarik bagi banyak orang. Tak hanya di Indonesia, di negara-negara lain pun orang lebih memilih untuk "merantau" ke kota-kota besar guna mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik.

Hal ini rupanya membuat segelintir desa di beberapa negara seperti Italia dan Swiss semakin kekurangan penduduknya. Ya, biasanya desa-desa dan kota terpencil di sana mulai sepi lantaran ditinggal penduduknya.

Oleh karena itu, banyak pemerintah kota dan desa tersebut yang melakukan berbagai cara untuk menarik pendatang baru untuk menetap. Mereka bahkan tak ragu untuk memberikan uang atau rumah secara gratis untuk memikat pendatang baru. 

Berikut beberapa negara yang menawarkan hadiah menarik bagi individu yang mau tinggal di sana.

Rumah Gratis di Kota Sisilia, Italia

foto: Merdeka

Salah satu kota di Sisilia, Italia, bernama Cammarata menawarkan rumah gratis bagi penduduk baru yang bersedia menetap di sana.

Wali Kota Cammarata, Vincenzo Giambrone berusaha meyakinkan pemilik rumah yang telah meninggalkan kota tersebut untuk menyerahkan bangunan kosong kepada pendatang baru yang nantinya akan diberikan secara gratis.

"Saya tidak tahan melihat pusat bersejarah tua yang indah ini kosong dan berubah menjadi reruntuhan. Ini membuat saya terluka. Para pemilik tidak menyadari kerusakan yang mereka timbulkan ketika mereka meninggalkan rumah mereka dan menolak untuk menata ulang tempat tinggal kuno mereka. Itu meninggalkan bekas luka yang dalam di lanskap kota dengan risiko runtuh yang berbahaya," kata Giambrone.

Uang Ratusan Juta di Desa Albinen, Swiss

foto: Merdeka

Sejak beberapa tahun terakhir, desa Albinen di Swiss telah mengalami imigrasi besar-besaran. Namun, dewan desa di sana berusaha menarik perhatian penduduk baru dengan memberikan uang ratusan juta secara cuma-cuma.

Desa berpenduduk 240 orang ini siap memberikan uang sebesar 70.000 franc Swiss atau sekitar Rp 958 juta untuk orang baru yang mau menetap di sana. Nominal tersebut tentunya sangat menarik ya.

Uang Puluhan Juta di Desa Kuno Italia

foto: Merdeka

Wali Kota Candela, Italia, Nicoma Gatta, menawarkan uang sekitar Rp 43 juta bagi siapa saja yang bersedia pindah ke desa kecil di Candela, yang terletak di Pantai Timur wilayah Puglia ini.

Sebelumnya kota ini ditinggalkan banyak penduduknya karena jalanannya yang padat. Dalam beberapa tahun terakhir, penduduknya pun mulai turun drastis yang awalnya berjumlah 8.000 orang menjadi hanya 2.700 orang.

Dilansir dari Asia One, Jumat (8/11/2019), sebagian besar kaum milenial dari kota tersebut lebih memilih mencari pekerjaan dan tinggal di tempat lain. Oleh karena itu, kota tersebut akan memberikan uang sebesar Rp 12,7 juta untuk lajang, Rp19 juta untuk pasangan dan Rp 31,9 juta untuk keluarga dengan harapan bisa meningkatkan populasi di sana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Tenda Terbang Tersapu Angin di Ngawi

Posted: 07 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hujan dan angin kencang melanda wilayah Ngawi Jawa Timur hari Kamis (7/11). Tipuan angin sempat menerbangkan tenda di alun-alun kota Ngawi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Warga Surabaya Kompak Kerja Bakti Percantik Stadion GBT

Posted: 07 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga Surabaya, Jawa Timur dari berbagai kalangan antusias mengikuti kerja bakti untuk mempercantik area Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang menjadi salah satu calon venue Piala Dunia U-20 pada 2021, Jumat (8/11/2019).

"Kerja bakti ini merupakan agenda rutin jajaran Pemkot Surabaya setiap Jumat pagi. Namun, untuk di wilayah Surabaya Barat, kerja bakti dipusatkan di area Stadion GBT," kata Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kota Surabaya, Kanti Budiarti di sela kegiatan kerja bakti di Stadion GBT, mengutip Antara.

Dia menuturkan, kerja bakti yang dimulai pukul 06.00 WIB tersebut diikuti oleh ribuan warga dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, TNI, Polri, komunitas, serta suporter sepak bola yang akrab disapa Bonek Mania.

Mereka membaur kerja bakti untuk mempercantik stadion yang terletak di Surabaya Barat itu. Tak hanya bersih-bersih, mereka juga mengecat trotoar dan pemotongan rumput di luar Stadion GBT.

Ia menuturkan, kerja bakti di area Stadion GBT, terbagi menjadi tiga zona. Kegiatan kerja bakti kali ini mengecat trotoar, penyapuan jalan depan GBT serta pemotongan rumput.

"Selain di wilayah (Surabaya) barat, kita tetap melakukan kerja bakti di lokasi yang lainnya, Surabaya utara, selatan dan timur yang dikonsentrasikan untuk pembersihan saluran dan sungai dalam rangka mengantisipasi datangnya musim hujan," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Bonek Mania cukup antusias mengikuti kerja bakti. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dan kecintaan terhadap Stadion GBT yang ditunjuk menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Untuk Bonek ini tentunya ikut berpartisipasi pengecatan dalam rangka menyambut Piala Dunia U20. Kita melakukan pembersihan dalam rangka kesiapan," katanya.

Namun demikian, perempuan yang pernah menjabat sebagai Camat Sukolilo Surabaya ini memastikan ke depan agenda kerja bakti ini juga bakal kembali digelar, khususnya di area Stadion GBT. Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemkot Surabaya dalam rangka menyambut persiapan Piala Dunia U-20.

"Nanti kita komunikasikan dengan yang lainnya, sekiranya kalau ini perlu kelanjutan dan pembersihan, kita agendakan untuk jadwal selanjutnya kerja bakti bersama-sama," kata dia.

Pemkot Surabaya Tetap Fokus Perencanaan Pembangunan Stadion GBT

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi menuturkan, Pemkot Surabaya tetap fokus pada perencanaan pembangunan Stadion GBT untuk menyongsong Piala Dunia U-20 pada 2021.

Dia menuturkan, perbaikan itu meliputi akses jalan, tempat duduk di tribun stadion, lampu, dan tiga lapangan pendukung untuk latihan.

"Tahun 2020, Insya Allah banyak melakukan perbaikan, salah satunya di sini (GBT). Semuanya akan kita ganti, tempat duduknya kita ubah jadi tempat duduk tunggal (single seat) yang langsung bisa nutup sendiri, seluruhnya kita pasang. Lalu lampunya juga kita tambah seperti yang diharapkan PSSI, sekaligus kita nanti akan membangun tiga lapangan di sekitar GBT yang juga akan dijadikan tempat latihan," kata Eri.

Eri mengatakan, Pemkot Surabaya telah menganggarkan Rp 80 miliar-Rp100 miliar untuk perbaikan akses jalan dan kelengkapannya, termasuk Jalan Lintas Luar Barat (JLLB) Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong: Garuda Muda Asah Ketajaman

Posted: 07 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyelesaian akhir menjadi perhatian pelatih Timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini jelang menghadapi Hong Kong di Stadion Madya, Jumat (8/11/2019).

Fakhri Husaini mengasah kekurangan anak asuhnya itu jelang lanjutan kualifikasi Grup K Piala AFC 2020. "Penyelesaian akhir memang masalah tim, kami telah evaluasi hal itu," katanya.

"Saya juga meminta pemain untuk bisa mengatasi serta menguatkan mental mereka. Semoga kami bisa memperbaiki itu di laga melawan Hong Kong," ungkap Fakhri, dilansir situs resmi PSSI.

Fakhri Husaini merujuk kinerja Timnas Indonesia U-19 pada laga pembuka melawan Timor Leste. Garuda Muda gagal memaksimalkan banyak kesempatan dan sempat disamakan.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya membawa pulang tiga angka berupa kemenangan 3-1. Hasil itu membawa mereka memuncaki klasemen, unggul dua poin atas Hong Kong dan Korea Utara yang bermain imbang pada duel pembuka.

Rotasi Pemain

Pemain Timnas Indonesia U-19 mendengarkan arahan Pelatih Fakhri Husaini usai latihan di Stadion Padjadjaran, Bogor, Kamis (26/9). (Bola.com/Yoppy Renato)

Fakhri Husaini membuka kemungkinan menerapkan rotasi pada pertandingan nanti. Pasalnya, timnas tidak memiliki banyak waktu untuk memulihkan diri.

"Kami hanya memiliki satu hari untuk istirahat dan berlatih. Kemungkinan rotasi diperlukan, tentu dengan melihat kondisi akhir pemain," jelasnya.

Jadwal Pertandingan

Jumat, 8 November 2019

19.00 WIB Hong Kong Vs Indonesia

Venue: Stadion Madya

Live RCTI

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Makanan Pencegah Kanker Payudara, Nutrisinya Penting untuk Wanita

Posted: 07 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makanan pencegah kanker payudara merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh wanita untuk menurunkan risiko terjadinya kanker payudara. Makanan yang mampu manangkal radikal bebas penting untuk terpenuhi guna mencegah munculnya kanker.

Makanan yang mengandung antioksidan disebut-sebut mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Maka untuk mencegah kanker payudara, kamu perlu memenuhi asupan nutrisinya dengan makanan pencegah kanker payudara.

Bukan hal yang mustahil untuk mencegah kanker payudara lewat makanan. Mengonsumsi makanan pencegah kanker payudara berarti kamu telah mengubah pola hidup yang lebih sehat.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan pencegah kanker payudara kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita, Jumat (8/11/2019).

Aneka Buah Berry dan Buah Persik

Blackberry / Sumber: Pixabay

Buah Berry

Makanan pencegah kanker payudara pertama yang bisa kamu konsumsi adalah aneka buah berry. Ada berbagai macam buah berry seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam yang dikenal ampuh untuk mencegah kanker payudara.

Hal ini dikarenakan buah berry memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan ini bersifat antikanker. Selain itu, buah berry juga kaya akan aktioksidan seperti vitamin C.

Buah berry dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Untuk merasakan manfaat buah berry guna mencegah kanker payudara, masih belum ada jumlah yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Melansir dari kanal Healthline, kamu bisa mengonsumsi satu porsi buah berry yang setara dengan 3/4 hingga 1 cangkir. Memenuhi kebutuhan nutrisi dari buah berry setiap harinya akan membantu mengurangi risiko terjangkit kanker payudara.

Buah Persik

Makanan pencegah kanker payudara selanjutnya masih datang dari buah-buahan yang mudah ditemukan, yaitu buah persik atau plum. Sama dengan buah berry, plum juga memiliki kandungan pilifenol di dalamnya yang mampu mencegah pembentukan sel kanker payudara dan perkembangbiakannya.

Penemuan manfaat buah persik untuk mencegah kanker payudara ini memang baru dilakukan uji coba pada hewan. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu untuk tetap mengonsumsi buah persik untuk tetap mendapatkan sejumlah nutrisi baiknya.

Pasalnya, kandungan polifenol yang ada di dalam buah persik ini terbukti mampu membunuh sel kanker. Sama seperti buah berry, masih belum ada jumlah konsumsi yang dianjurkan agar bisa merasakan manfaat buah persik untuk antikanker ini.

Sayur Warna Hijau Gelap dan Sayur Silangan

Ilustrasi brokoli dan sayuran (iStockphoto)

Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Makanan dengan nutrisi yang mampu mencegah kanker payudara bisa didapatkan dari sayuran berwarna hijau gelap. Hal ini dikarenakan sayuran dengan warna hijau pekat memiliki antioksidan tinggi dan serat yang dapat menjadi antikanker.

Ada banyak nutrisi baik yang ada pada sayuran berdaun hijau gelap. Nutrisi terbaik pada sayuran ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal sel kanker.

Kandungan nutrisi pada sayuran berdaun hijau gelap seperti vitamin B, fitokimia, klorofil, dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan sayuran dengan warna hijau pekat dari bayam, kangkung, sawi, kubis, lobak, dan bit hijau.

Sayur Silangan

Sayur silangan memiliki kaya akan vitamin antioksidan seperti vitamin C, E, dan K serta tinggi serat. Glukosinolat juga merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada sayur silangan.

Glukosinolat sejenis bahan kimia yang bisa ditemukan pada sayuran kucifer. Zat kimia ini memiliki sifat mampu melawan kanker.

Sayur silangan seperti brokoli kaya akan sulforophane dan indol yang terbukti mampu mengatur pertumbuhan sel dalam berbagai cara dan membantu melawan berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara, kandung kemih, limfoma, prostat, dan kanker paru-paru.

Asam Lemak Omega-3 dan Biji-bijian Utuh

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Asam Lemak Omega-3

Salah satu pemilik kandungan omega-3 adalah ikan salmon. Selain itu, ikan salmon juga memiliki vitamin B12 dan vitamin D. Ikan salmon dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker.

Bahkan beberapa jenis vitamin B12 seperti methylcobalamin terbukti efektif dalam mengobati kanker. Untuk mendapatkan manfaat ikan salmon guna mencegah kanker payudara, kamu bisa mengolahnya dengan mengukus, dibakar, panggang, atau ditumis.

Biji-bijian Utuh

Gandum merupakan salah satu produk yang mengandung biji-bijian utuh. Gandum mengandung tinggi polifenol yang memiliki sifat antikanker.

Selain polifenol, gandum juga kaya akan serat, magnesium, dan protein. Kamu bisa mendapatkan makanan biji-bijian utuh seperti beras merah, jagung, dan jelai.

Bawang Putih dan Kunyit

Bawang putih. (iStockphoto)

Bawang Putih

Bawang putih termasuk ke dalam keluarga allium, yang dikenal memiliki rasa dan aroma khas. Para peneliti dalam studi yang dilakukan pada 2017 menganalisis efek bawang putih dan jenis sayuran lainnya yang mengandung allium terhadap sel kanker payudara.

Adanya kandungan estrogen pada bawang putih dan keluarga allium lainnya mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara. Namun, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk menentukan anjuran atau rekomendasi konsumsi bawang putih untuk merasakan manfaatnya.

Untuk saat ini, kamu bisa mengonsumsi bawang putih dalam batas normal.

Kunyit

Kunyit memiliki kandungan curcumin, merupakan suatu zat dengan sifat anti-infalamasi dan antioksidan yang tinggi. Beberpa apenelitian menunjukkan bahwa curcumin dapat membantumengurangi efek toksik sel kanker payudara dan berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan curcumin bersifat tidak stabil dalam air dan memungkinkan penyerapan yang buruk pada tubuh. Untuk itu, jangan berlebihan mengonsumsinya. Kamu bisa mengonsumsi kunyit untuk mendapatkan manfaat sebagai pencegah kanker payudara dengan 200 hingga 500 miligram curcumin setiap harinya.

Makanan yang Mengandung Isoflavon

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Beberapa makanan seperti produk kedelai mengandung bahan kimia alami yang disebut isoflavon. Senyawa ini memiliki struktur yang mirip dengan hormon estrogen.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa isoflavon membawa manfaat kesehatan sperti antikanker. Kandungan isoflavon pada kedelai utuh dapat menurunkan risiko kambuhnya kanker payudara.

Isoflavon pada kedelai juga mampu menurunkan tingkat kematian akibat kanker payudara, walaupun tidak secara signifikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: