Jumat, 29 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Seperti Melotot, Kucing Oranye Ini Malah Viral di Medsos

Posted: 29 Nov 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seekor kucing yang memiliki mata melotot mendapat ketenaran karena bentuknya yang unik tersebut. Ashley Norlien mengadopsi kucing berwarna oranye dua tahun lalu. Kucing itu kemudian ia beri nama Potato.

Seperti kebanyakan pemilik hewan lainnya, Ashley pun mengunggah foto-foto hewan kesayangannya itu di media sosial. Ia baru menyadari kalau kucingnya berbeda setelah semakin banyak yang berkomentar tentang mata Potato yang tak biasa.

 

Selanjutnya

Doc: Mirror

"Setelah saya memeliharanya, saya mengunggah foto Potato di media sosial. Orang-orang melihat ada sesuatu yang berbeda dengan matanya," ungkap Ashley seperti dikutip dari Mirror.

"Aku tidak benar-benar tahu apakah itu suatu kondisi genetis, tapi itu membuat penampilannya menjadi lucu," tambah dia.

 

Selanjutnya

Doc: Mirror

Kini Potato telah berusia lima tahun dan telah memiliki lebih dari 50 ribu pengikut di Instagram. Warganet paling sering berkomentar tentang betapa lucu ekspresi Potato dengan matanya yang seperti melotot itu.

 

Selanjutnya

Doc: Mirror

"Saya akan melakukan apa saja untuk bertemu kucing ini. Dia menggemaskan," tulis salah satu warganet.

"Saya pikir ini semacam hiasan atau maianan. Tapi ini ternyata kucing sungguhan. Astaga!" tulis yang lain.

"Apakah kucing ini sakit?" tulis warganet lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Jaket Terberat di Dunia Lebih Kuat daripada Baja, Rp14 Juta

Posted: 29 Nov 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beragam inovasi terus dilakukan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Salah satunya sebuah merek di Belanda yang baru saja meluncurkan jaket, yang disebut sebagai "jaket terkuat di dunia."

Lqpisan luar jaket tersebut terbuat 100 persen dari dyneema, serat paling kuat yang diketahui orang, Puffer Indestructible dapat menahan sesuatu yang tak wajar dan bertahan seumur hidup.

Pakaian petualangan, Vollebak telah menciptakan pakaian olahraga petualangan mutakhir selama bertahun-tahun dan telah dikenal karena membuat beberapa pakaian terberat di bumi. Hoodie, misalnya, pakaian tersebut hampir tak bisa dihancurkan dan sepasang celana yang dirancang mampu bertahan selama 100 tahun.

Kreasi terbaru mereka, Indestructible Puffer, adalah jaket terkuat yang pernah dibuat. Lapisan luar jaket tersebut 15 kali lebih kuat dari baja dan 40 persen lebih kuat dari serat aramid.

"Setiap serat di bagian luar jaket lebih kuat 15 kali lebih kuat dari baja, bahkan jika Anda mengenakan jaket berlapis baja dengan berat yang sama, Indestructible Puffer akan 15 kali lebih kuat," klaim Vollebak dalam situs resminya, seperti dilansir dari Oddity Central, Jumat (29/11/2019).

Bahan yang Digunakan

Indestructible Puffer disebut sebagai jaket terkuat di dunia (Dok.Instagram/@vollebak/https://www.instagram.com/p/B5LIPGzhDPP/Komarudin)

Bahan yang digunakan untuk jaket tersebut sangat sulit, yang awalnya digunakan sebagai pelindung tubuh, pelindung kendaraan antibalistik, sistem tambat untuk kapal kontainer raksasa, dan tali yang digunakan untuk mengikat rig minyak di lautan yang keras dan dingin.

Pada tes awal, garis tambatan sangat kuat sehingga mereka menghancurkan mesin yang seharusnya menguji jaket tersebut, dan pelindung tubuh menghentikan peluru dari Kalashnikov.

Sebagian besar jaket ini dirancang agar ringan, sehingga lapisan luarnya terbuat dari poliester dan nilon, yang benar-benar mudah sobek, tapi versi Vollebak meliputi 100 persen dyneema, serat terkuat di dunia.

Puffer yan tak bisa dihancurkan berbobot 2,5 kilogram, tetapi tak akan robek setelah satu atau dua tahun, bahkan ada kemungkinan bisa diwariskan kepada anak-anak Anda.

Hal menarik lain, jaket ini juga memberikan perlindungan kepada penggunanya dari cuaca dingin, bahkan saat suhu turun minus 50 derajat Celcius. Jaket seharga 985 dolar AS atau Rp14 juta, tampak agak terlalu mahal bagi kebanyakan orang, tapi sebenarnya relatif karena bisa bertahan 100 tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Belum Mau Angkat Kaki dari Manchester City

Posted: 29 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengaku belum berniat hengkang. Manajer asal Spanyol itu merasa nyaman melatih The Citizens -julukan Man City.

"Saya terbuka (bertahan, red). Seperti yang telah saya katakan, saya nyaman bekerja di klub ini," ujar Guardiola seperti dilansir Sportskeeda.

Guardiola masuk ke Manchester City pada musim 2016/17. Total, sudah tujuh trofi dipersembahkan manajer berusia 48 tahun tersebut.

Namun demikian, Guardiola masih punya pekerjaan rumah yakni mempersembahkan trofi Liga Champions. Sejauh ini, Guardiola baru sanggup membawa Manchester City melenggang hingga perempat final.

Di musim ini, Manchester City sedikit kesulitan. Kyle Walker dkk. sudah tiga kali kalah dan duduk di peringkat ketiga.

Alhasil, trofi Liga Inggris pun terancam melayang ke tangan Liverpool yang sedang memimpin klasemen. Hingga pekan ke-13, Manchester City baru mengemas 28 poin, terpaut 11 poin dari Liverpool.

 

Kenyamanan

Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (AP Photo/Rui Vieira)

Kendati ingin bertahan, Guardiola mengatakan ia masih akan melihat situasi klub lebih dahulu. Pasalnya, eks pelatih Barcelona itu mengakui, kenyamanan adalah hal utama.

Hal tersebut, kata Guardiola, bakal tercipta jika ia bekerja dengan orang-orang yang cocok. "Ini tak sesederhana mengatakan bahwa saya ingin bertahan. Saya ingin melihat klub, para pemain, dan bagaiman kami masih bekerja sama," kata Guardiola mengakhiri.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hakim Pengadilan Medan Ditemukan Tewas di Jurang

Posted: 29 Nov 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hakim Pengadilan Negeri Medan Sumatera Utara ditemukan tak bernyawa dalam mobilnya. Mobil sudah rusak terperosok ke dalam jurang di desa Suka Dame.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro Jaya: Reuni 212 di Monas Diprediksi Dihadiri 10 Ribu Orang

Posted: 29 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 10 ribu orang diprediksi akan menghadiri reuni 212. Kegiatan dijadwalkan Senin, 2 Desember 2019 di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan panitia penyelenggara. Rencana kegiatan akan dimulai pukul 02.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. 

"Ini kegiatan keagamaan yang lebih kurang kalau kita informasikan 10 ribu orang yang datang," ucap Gatot Eddy Pramono, Sabtu (30/11/2019).

Gatot mengaku, pihaknya telah siap mengamankan jalannya acara sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

"Kami sudah siap semuanya. Pengamananya tidak ada yang spesial," ucap dia.

Sebelumnya, Gatot menerangkan, reuni 212 merupakan kegiatan keagamaan biasa, sehingga kepolisian juga hanya memberikan pengamanan biasa.

"212 kegiatan keagamaan, jadi kegiatan yang biasa saja. Tentu kalau ada kegiatan keagamaan nanti mereka memberitahukan kepada Polri. Ya, kita akan melakukan kegiatan pengamanan," kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 26 November lalu. 

Tidak Perlu Pasukan Khusus

Suasana saat Monas dipenuhi massa yang menggelar aksi Reuni 212, Jakarta, Sabtu (2/12). Aksi ini juga  mempertemukan kembali umat Islam dari berbagai daerah yang pernah ikut dalam aksi 212 tahun lalu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dia menambahkan tidak akan ada pasukan khusus untuk mengamankan kegiatan tersebut. Gatot meminta masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan terhadap acara reuni 212.

"Enggak perlu kita terganggu dengan kegiatan tersebut. Kita khawatir kegiatan tersebut, enggak, ini kegiatan seperti keagamaan yang biasa dilakukan," ucap Gatot.

Jenderal bintang dua itu berharap, reuni 212 dapat berjalan dengan damai serta tidak mengganggu aktivitas dan ketertiban masyarakat lainnya.

"Kita berharap kegiatan ini kan kegiatan keagamaan, kegiatan-kegiatannya tentunya kegiatan yang tidak memprovokasi atau kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan terjadinya gangguan keamanan," ucap Gatot.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Berkunjung ke IIMS Motobike Expo 2019, Simak Video Highlight Berikut Ini

Posted: 29 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - IIMS Motobike 2019 resmi digelar 29 November - 1 Desember 2019 di Gedung Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

16 brand sepeda motor siap memeriahkan pameran motor IIMS. Mulai dari Benelli, BMW Motorrad, Cleveland, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Peugeot Motorcycles, Piaggio, Vespa, Yamaha, Honda, Triumph dan Lambretta. Sementara dari kategori electric vehicle ada BF Goodrich, Selis, dan Gesits.

Sementara brand pendukung otomotif yang menawarkan produk andalan mulai dari spare part, aksesori hingga riding gear, antara lain Arai, Astra Otoparts, Alpinestars, Brisk Busi, Cargloss, Deus Ex Machina, Elders Company, Komine, Nolan, Ohlins, Proliner, R9,RCB, RS, Shinko, SHOEI, Street Art Custom, Taichi, Uma, V-Rossi, Von Dutch dan masih banyak lagi. 

Jika Anda berminat mengunjungi IIMS Motobike 2019, Anda bisa melihat video highlight pameran tersebut terlebih dahulu dan mengintip keseruan apa saja yang ditawarkan.

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim PN Medan Ditemukan Tewas dengan Tangan Terikat di Perkebunan Sawit

Posted: 29 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Medan - Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan yang juga berstatus sebagai hakim, Jamaluddin, ditemukan meninggal dunia di perkebunan sawit milik warga, di Dusun II Namo Bintang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Kapolsek Kutalimbaru, AKP Bitler Sitanggang mengatakan, jasad pria berusia 55 tahun itu ditemukan berada di dalam mobil Toyota Land Cruiser Prado warga hitam dengan nomor polisi BK 77 HD. Saat pertama kali ditemukan, jasad dan mobil Jamaluddin berada di dalam jurang kebun sawit warga.

"Korban ditemukan meninggal dunia dalam keadaan kaku terlentang di bangku mobil nomor 2. Posisinya miring dengan wajah mengarah ke bagian depan," kata Bitler, Jumat (29/11/2019).

Kapolsek menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi penemuan jenazah di dalam mobil tersebut dari warga sekitar pukul 13.30 WIB. Berdasarkan informasi tersebut, personel Polsek Kutalimbaru langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Kita juga menemukan barang bukti milik korban berupa satu dompet berisikan Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan satu handphone lipat warna hitam," ucap Bitler.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Eko Hartanto, membenarkan telah ditemukannya jenazah di dalam mobil warna hitam di perkebunan sawit milik warga. Eko juga memastikan bahwa jenazah tersebut adalah Jamaluddin, hakim sekaligus Humas di PN Medan.

"Iya, benar hakim. Itu juga Humasnya PN Medan," ungkap Eko.

Saat pertama kali ditemukan, jasad Jamaluddin sudah membiru dengan kondisi tangan terikat dan duduk di posisi bangku belakang. Kasus ini masih dalam penyelidikan polisi untuk mengetahui secara pasti kematian Jamaluddin, warga Perumahan Royal Monaco Medan Johor.

"Sabar, ya. Masih dalam penyelidikan, kuat dugaan korban pembunuhan. Saat ini jhasadnya di Rumah Sakit Bhayangkara Medan guna autopsi," sebutnya.

Ketua PN Medan, Sutio Jumagi Akhirno, juga membenarkan anggotanya ditemukan meninggal dunia di perkebunan sawit milik warga. Sutio belum mengetahui apakah Jamaluddin meninggal dunia akibat kecelakaan atau hal lain.

"Wa'alaikum salam wrwb...Ya benar... & skrg jenazah di RS Bayangkara.... tp kita Blm tahu Apkh murni kecelakaan atau ada indikasi lain...," terang Sutio melalui pesan WhatsApp.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Indonesia All Stars U-20 Vs Arsenal U-20

Posted: 29 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - SCTV siap menyiarkan pertandingan Indonesia All Stars di U-20 International Cup 2019. Ajang ini bakal berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 1 hingga 7 Desember 2019.

Ajang U-20 International Cup 2019 diikuti empat tim. Selain Indonesia All Stars, ada juga tim-tim eropa papan atas seperti, Real Madrid, Inter Milan, dan Arsenal.

Indonesia All Stars diisi pemain terbaik EPA U-20, Yuswanto Aditya, top scorer EPA U-20, Kahar Muzzakar, dan top scorer EPA U-18, I Kadek Dimas Satria Adiputra. Untuk menggelar acara ini, Circa bekerja sama dengan agenct Spanyol, MS2 yang dimiliki oleh mantan pemain Real Madrid, Michael Salgado.

Event ini juga bakal menjadi ujian bagi Indonesia yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Saksikan Live Streaming Indonesia All Stars U-20 vs Arsenal U-20 pada Minggu, 1 Desember 2019 pukul 15.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

Daftar Pemain Indonesia All Stars U-20

1. Ernando Ari (Persebaya)

2. Riski Sudirman (Persija)

3. Raka Surya (Bali United)

4. Rizky Ramadhani (Persebaya)

5. Bagas Kaffa (Barito Putera)

6. Yuswanto Aditya (Barito Putera)

7. Putra Rumfabe (Persipura)

8. M Salman Alfarid (Diklat Ragunan)

9. Ikhsan (Bhayangkara FC)

10. Braif Fatari (Persija)

11. David Maulana (Barito Putera)

12. Fajar Fathur Rahman (ASAD)

13. Beckham Putra (Persib)

14. Theo Fillo Numberi (Persipura)

15. Irfan Januari (Bali United)

16. Kanu Helmiawan (Babel United)

17. M Supriadi (Persebaya)

18. Riza Zidane (Persiba Balikpapan)

19. Kahar Muzzakar (Barito Putera)

20. I Kadek Adiputra (Bali United)

21. Bagus Kahfi (Barito Putera)

22. Rizky Eka Pratama (PSM)

23. Vengko Armedya (Persebaya)

Jadwal International Cup 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twitter Tunda Rencana Hapus Akun untuk Kenang Pengguna yang Telah Tiada

Posted: 29 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Twitter menunda rencana untuk menghapus akun-akun yang tidak aktif. Rencana awal Twitter menyebut, bakal menghapus akun-akun tak aktif yang ada kawasan negara Uni Eropa terlebih dahulu, diikuti negara lainnya.

Namun kemudian, Twitter menunda penghapusan dengan alasan pihaknya belum mendapatkan cara untuk melestarikan akun milik pengguna yang telah meninggal dunia.

"Kami telah mendengarkan Anda mengenai dampak terhadap penghapusan akun, terhadap akun milik orang yang meninggal. Kami melewatkan bagian ini," kata Twitter, sebagaimana dikutip dari The Verge, Sabtu (30/11/2019).

Lebih lanjut, Twitter juga menyatakan, pihaknya tidak akan menghapus seluruh akun yang tidak aktif, hingga menemukan cara agar akun milik orang yang meninggal tetap bisa dikenang.

"Kami akan berkomunikasi dengan Anda semua jika kami telah menemukan cara. Kami mohon maaf atas kebingungan yang kami sebabkan," kata Twitter.

Hal serupa telah diterapkan oleh jejaring sosial Facebook untuk mengenang akun milik pengguna yang telah meninggal dunia.

Masih Dipikirkan

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Sementara sampai saat ini Twitter belum mendapatkan caranya. "Tim kami masih memikirkan cara untuk menemukannya," kata juru bicara Twitter.

Twitter sebelumnya mengumumkan bakal menghapus akun-akun yang tidak aktif lebih dari enam bulan.

Setelah pengumuman tersebut, banyak orang mulai mempertanyakan, mereka bakal kehilangan akses ke akun lama milik teman, saudara, selebritas, dan pasangan yang telah tiada.

Menurut rencana, Twitter bakal menghapus akun yang tidak aktif di negara-negara Uni Eropa terlebih dahulu, mengingat UU Perlindungan Data GDPR. Kemungkinan, penghapusan akun tidak aktif ini meluas ke akun milik pengguna di negara-negara lain.

"Kami akan memperluas penegakan kebijakan terhadapa akun-akun yang tidak aktif untuk mematuhi peraturan lain di seluruh dunia dan memastikan integritas layanan," kata Twitter.

 

Berencana Hapus Akun Nonaktif

Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

Dikutip dari Engadget, Kamis (28/11/2019), Twitter akan memulai proses penghapusan pada 11 Desember. Proses ini akan membutuhkan waktu beberapa bulan, sehingga tidak seluruh akun akan langsung hilang.

Adapun definisi akun tidak aktif dalam hal ini adalah akun yang tidak login selama enam bulan berturut-turut. Pengguna yang masih login, meski tidak menuliskan twit apa pun, tidak akan terpengaruh kebijakan ini.

Menurut Twitter, pembersihan akun ini merupakan upaya menghadirkan informasi lebih kredibel dan akurat, terutama dari akun-akun tepercaya. 

Selain itu, Twitter ingin mempersulit akun propaganda atau porno membajak akun tidak aktif untuk menyebarkan spam. Namun sebelumnya, Twitter akan mengirimkan notifikasi pada akun yang akan dihapus. 

Kendati akan menghapus sejumlah akun, Twitter masih memikirkan cara mengenang sejumlah akun yang ditinggalkan pemiliknya karena meninggal atau akun berpengaruh tetapi telah lama absen di platform itu 

Di sisi lain, penghapusan ini dapat membuka kesempatan bagi pengguna Twitter yang ingin mengganti nama akunnnya. Sebab, besar kemungkinan akan tersedia lebih banyak nama akun tersedia usai penghapusan ini.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan IMO Periode 2020-2021

Posted: 29 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terpilih kembali menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C Periode 2020-2021. selain itu, Indonesia melalui BPK juga terpilih sebagai External Audit IMO mengalahkan Inggris dan Italy.

Hal tersebut usai proses penghitungan suara pada pemilihan anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) atau Organisasi Maritim Internasional, pada Jumat (30/11/2019) di Assembly, London, Inggris, selesai.

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan IMO yang beranggotakan 40 negara dengan 3 kategori dari total 174 negara anggota IMO menunjukan pengakuan dunia atas eksistensi Indonesia di sektor maritim Internasional.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengucapkan selamat kepada Delegasi Indonesia atas upaya serta pendekatan diplomatisnya serta rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungan sehingga Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan IMO Kategori C Periode 2020-2021.

"Alhamdulillah, hari ini saya mendapatkan laporan dari London bahwa Indonesia terpilih kembali sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2020-2021. Dengan menjadi anggota Dewan IMO Kategori C, dan terpilih Sebagai External Audit ,kita manfaatkan kesempatan tersebut untuk melanjutkan pembangunan di sektor maritim Indonesia agar dapat memberikan kemaslahatan masyarakat banyak," ujar Budi Karya di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Menurut Menhub, menjadi anggota Dewan IMO Kategori C memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan IMO yang sangat berpengaruh pada dunia kemaritiman.

Menhub Budi juga memberikan apresiasi kepada para stakeholder serta masyarakat pengguna jasa transportasi laut yang telah memberikan dukungannya selama ini. 

Hasil Voting Pemilihan Dewan IMO

Untuk pertama kalinya dua Kapal Cruise (sister ships) MV. Insignia dan MV. Azamara Quest bersandar selamat di Dermaga Pelabuhan Benoa.

Berdasarkan laporan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, sebanyak 139 negara memberikan suaranya untuk Indonesia dalam pemilihan anggota Dewan IMO dengan sistem voting (pemungutan suara).

"Indonesia kembali menjadi anggota Dewan IMO Kategori C periode 2020-2021 dengan mendapatkan 139 suara dan menduduki peringkat ke-5 dari 24 Negara anggota IMO yang mencalonkan di Dewan IMO Kategori C," ujar Dirjen Agus.

Dewan IMO kategori C  merupakan perwakilan dari negara-negara yang mempunyai kepentingan khusus dalam angkutan laut dan mencerminkan pembagian perwakilan yang adil secara geografis. 

Dalam pemilihan Anggota Dewan ini, terdapat 168 negara anggota IMO yang hadir pada Sidang Majelis IMO ke-31, dan hanya 165 negara yang memiliki hak suara, sementara 3 negara lain dianggap tidak eligible untuk memberikan suara.Sedangkan pada pemilihan Anggota Dewan Kategori C, sebanyak 165 pemilih dianggap sah suaranya.

"Di Kategori C, Singapura menjadi negara yang menduduki peringkat pertama dengan perolehan jumlah suara sebanyak 153 suara," ujar Dirjen Agus.

Peringkat selanjutnya berturut-turut diraih oleh Malta (145), diikuti oleh Malaysia (142), Cyprus (140), Indonesia (139), Bahama (137), Afrika Selatan (136), Mexico (135), Chili (134), Belgia (133), Mesir (132), Peru (132), Moroko (131), Denmark (130), Turki (129), Thailand (127), Jamaica (125), Filipina (119), Kuwait (112), dan Kenya (111).

"Empat negara lain tidak masuk dalam keanggotaan dewan IMO kategori C, yaitu: Nigeria (110), Saudi Arabia (106), Polandia (101) dan Liberia (100). Sementara 1 negara, yaitu Qatar mengundurkan diri sebagai kandidat Anggota Dewan IMO Kategori C," lanjut Dirjen Agus.

Sedangkan untuk anggota Dewan IMO kategori A dan B, telah pula diumumkan yang hasil lengkapnya adalah sebagai berikut: 

- Kategori A terdiri dari 10 negara yang mewakili armada pelayaran niaga internasional terbesar dan sebagai penyedia angkutan laut internasional terbesar, sesuai dengan jumlah perolehan suara terbanyak, yaitu Jepang, Republic of Korea, Italia, China, Yunani, Panama, Inggris, Norwegia, Amerika Serikat, dan Federasi Rusia.

- Kategori B terdiri dari 10 negara yang mewakili kepentingan terbesar dalam International Seaborne Trade, sesuai dengan urutan perolehan suara terbanyak, yaitu Australia, Jerman, Prancis, Brazil, Spanyol, India, Kanada, Uni Emirat Arab, Brazil dan Argentina. Adapun Swedia yang pada periode sebelumnya menjadi Anggota Dewan Kategori B, tidak lagi terpilih karena jumlah suara pemilihnya berada di urutan terakhir.

Delegasi Indonesia pada Sidang IMO Assembly ke-31 dipimpin oleh Menteri Perhubungan dengan Alternate HoD Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI, Rizal Sukma dengan anggota delegasi terdiri dari perwakilan Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, KBRI London, instansi pemerintah terkait, BUMN serta asosiasi terkait lainnya.

BPK Terpilih Sebagai Eksternal Auditor IMO Periode 2020-2023

Gedung BPK RI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pada kesempatan tersebut, selain proses pemilihan Anggota Dewan IMO, dilaksanakan pula pemilihan external auditor IMO dengan periode kerja tahun 2020-2023, di mana Indonesia mengajukan diri bersaing dengan 2 (dua) negara lain, yaitu Italia dan Inggris.

Menhub Budi mengucapkan Selamat kepada BPK yang terpilih sebagai External Auditor IMO periode 2020 - 2023.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada BPK yang terpilih sebagai External Auditor IMO Periode 2020 - 2023. Pengalaman bergengsi dua kali mengaudit lembaga Internasional pastinya menambah kepercayaan bagi negara anggota IMO sehingga secara meyakinkan mereka.mereka memberikan suaranya bagi Indonesia".

Pada kesempatan terpisah, Dirjen Agus menjelaskan, pada putaran pertama pemilihan, Indonesia berhasil mengungguli Itali dan Inggris dengan perolehan suara sebesar 64 suara, dibandingkan dengan Inggris yang mendapatkan 45 suara dan Italia yang mendapatkan 24 suara.

"Namun demikian, karena perolehan suara yang diperoleh oleh Indonesia tidak memenuhi jumlah suara minimal yang diperlukan untuk dapat terpilih, yakni 72 suara, maka dilakukan pemilihan putaran kedua," ungkap Dirjen Agus.

Selanjutnya, pada pemilihan putaran kedua Indonesia akhirnya berhasil memperoleh suara mayoritas sejumlah 75 suara mengalahkan Inggris yang dengan perolehan 64 suara dari total 142 pemilih, di mana 3 di antaranya abstain.

"Saya harap, dengan terpilihnya BPK menjadi external auditor IMO semakin menunjukkan eksistensi Indonesia di kancah pergaulan Internasional, khususnya pada sektor maritim," tutup Dirjen Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Diselimuti Kabut, Begini Suasana Taman Maidan di Kolkata

Posted: 29 Nov 2019 09:00 PM PST

Pengendara motor melintas saat pagi yang berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Maidan  merupakan taman bandar terbesar di Kolkata di negeri dalam India di Bengal Barat. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Pengendara motor melintas saat pagi yang berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Maidan merupakan taman bandar terbesar di Kolkata di negeri dalam India di Bengal Barat. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Siswa bermain di pagi yang berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Taman Maidan  dipenuhi dengan patung-patung dan karya-karya seni bina, yang paling ketara ialah Peringatan Victoria. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Siswa bermain di pagi yang berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Taman Maidan dipenuhi dengan patung-patung dan karya-karya seni bina, yang paling ketara ialah Peringatan Victoria. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Siswa beristirahat di bawah pohon di pagi berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Selama musim dingin, wilayah utara India sering mengalami kabut tebal, menyebabkan penundaan lalu lintas dan mengganggu jadwal penerbangan dan kereta api. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Siswa beristirahat di bawah pohon di pagi berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Selama musim dingin, wilayah utara India sering mengalami kabut tebal, menyebabkan penundaan lalu lintas dan mengganggu jadwal penerbangan dan kereta api. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Seorang penjual berjalan mencari pelanggan di pagi berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Maidan  merupakan taman bandar terbesar di Kolkata di negeri dalam India di Bengal Barat. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Seorang penjual berjalan mencari pelanggan di pagi berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Maidan merupakan taman bandar terbesar di Kolkata di negeri dalam India di Bengal Barat. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Penjual air menunggu pelanggan di pagi yang berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Taman Maidan  dipenuhi dengan patung-patung dan karya-karya seni bina, yang paling ketara ialah Peringatan Victoria. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Penjual air menunggu pelanggan di pagi yang berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Taman Maidan dipenuhi dengan patung-patung dan karya-karya seni bina, yang paling ketara ialah Peringatan Victoria. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Petugas Polisi menggunakan kuda berpatroli pada pagi berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Selama musim dingin, wilayah utara India sering mengalami kabut tebal, menyebabkan penundaan lalu lintas dan mengganggu jadwal penerbangan dan kereta api. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Petugas Polisi menggunakan kuda berpatroli pada pagi berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Selama musim dingin, wilayah utara India sering mengalami kabut tebal, menyebabkan penundaan lalu lintas dan mengganggu jadwal penerbangan dan kereta api. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Seorang petugas lapangan melempar bola kriket pada pagi berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Maidan  merupakan taman bandar terbesar di Kolkata di negeri dalam India di Bengal Barat. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

Seorang petugas lapangan melempar bola kriket pada pagi berkabut di taman Maidan di Kolkata (29/11/2019). Maidan merupakan taman bandar terbesar di Kolkata di negeri dalam India di Bengal Barat. (AFP Photo/Dibyangshu Sarkar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Natasha Wilona Borong Dua Piala di SCTV Awards 2019

Posted: 29 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - SCTV Awards 2019 telah digelar pada Jumat (29/11/2019) malam. 12 nominasi untuk berbagai kategori sudah dibacakan secara langsung di Studio Emtek, Jakarta Barat.

Dalam SCTV Awards 2019, Natasha Wilona mencuri perhatian dengan memborong dua penghargaan. Diantaranya adalah kategori Artis Paling Sosmed, dan Aktris Utama Paling Ngetop.

Untuk kategori Artis Paling Sosmed, Natasha Wilona berhasil mengungguli 14 nominator lain yang tak kalah ngetop.

Dengan penghargaan tersebut, Natasha Wilona berharap bisa menyebarkan pesan positif dalam bersosial media.

 

Lebih Positif

Kecantikan pemeran Jenar di sinetron SCTV Cinta Karena Cinta ini semakin tidak bisa ditepis kalau memakai gaun warna putih seperti ini. Gaun tersebut sangat pas di tubuh Natasha dan menambah kesan anggun dan elegan. (Liputan6.com/IG/@natashawilona12)

"Nggak nyangka sama sekali. Terima kasih untuk semua keluarga, fans, semoga dengan dapat piala ini bisa mengajak masyarakat jadi lebih positif menggunakan sosmed," kata Natasha Wilona di atas panggung.

 

Unggul dari Irish Bella

Natasha Wilona (Sumber foto: natashawilona12/instagram)

Sementara untuk kategori Aktris Utama Paling Ngetop, Natasha Wilona berhasil menang dari nama-nama besar lain seperti Febby Rastanty (Cinta Anak Muda), Irish Bella (Cinta Suci), Marshanda (Orang Ketiga), dan Nikita Willy (Cinta Buta).

 

Tak Menyangka

Natasha Wilona (Kapanlagi/Budy Santoso)

Bahkan Natasha Wilona sendiri tidak menyangka bisa menyabet dua penghargaan sekaligus. Terlepas dari itu semua, tidak lupa Natasha Wilona menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

 

Untuk Fans dan Keluarga

Natasha Wilona (Liputan6.com/IG/natashawilona12)

"Kali ini aku speechless banget, pertama-tama aku nggak akan lupa ngucapin Tuhan yang sudah luar biasa. Keluarga apalagi yang selalu disampingku melalui semua, sahabat, temen-temen lain juga. Aku ngerasa beruntung bareng kalian," kata Natasha Wilona.

"Fans juga, yang sudah seharusnya kupanggil keluarga juga. Penghargaan ini untuk kalian semua," kata Natasha Wilona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan 3 Hal Ini untuk Kelola Kecemasan Sosial

Posted: 29 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang baik anak-anak hingga orang dewasa yang masih merasa gugup dan tidak percaya diri bila berada di lingkungan sosial seperti berbicara di depan umum, melakukan panggilan telepon atau saat mencoba sesuatu hal yang baru.

Dalam situasi tersebut, biasanya timbul reaksi tubuh terhadap rasa takut seperti jantung berdetak lebih kencang, gemetar, dan berkeringat. Jika rasa takut dan malu melakukan kesalahan menghalangi anda secara berkelanjutan, berikut beberapa hal yang hal yang dapat anda coba sendiri untuk mengelola kecemasan sosial dilansir dari WebMD:

1. Jangan menghindari situasi tersebut

Para ahli sepakat bahwa menghindari situasi yang membuat kita merasa cemas sebenarnya malah bisa memperburuk keadaan dalam jangka panjang.

Rachel Busman, seolang psikolog di Child Mind Institute mengatakan bahwa saat kita keluar dan menghindari sesuatu yang tidak ingin dilakukan mungkin akan membuat kita merasa lebih baik pada saat itu. Namun rasa cemas akan kembali muncul pada saat berikutnya jika akan melakukan hal yang sama. Sehingga jika terus menghindar, hal-hal yang membuat gugup seperti berbicara dengan orang baru, memberikan presentasi tidak akan hilang.

 

Ketika Panik Menyerang

Fobia, Gangguan Kecemasan yang Memunculkan Rasa Takut Berlebihan Ini Bisa Disembuhkan (Ilustrasi/iStockphoto)

2. Paksa diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman

Walaupun meninggalkan zona nyaman bukanlah hal yang mudah, namun memutuskan untuk meninggalkan zona nyaman bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Kecemasan cenderung akan hilang bila anda berani melakukan hal-hal yang menyebabkan munculnya rasa cemas. Jadi cobalah menghadapi hal-hal yang membuat anda takut.

"Kemungkinan terburuk yang anda takutkan tidak akan terjadi. Dan jika itu terjadi, kamu mungkin menemukan keterampilan untuk mengatasinya," kata Dr. Busman.

Mulailah dengan hal-hal kecil yang menurut anda paling mudah. Mengikutsertakan teman atau anggota keluarga untuk menemani anda juga dapat dilakukan sebagai langkah awal untuk memulai mengatasi kecemasan.

Melakukan hal-hal yang membuat anda cemas sebenarnya dapat memperluas kemampuan anda untuk menanganinya. Ketika semakin sering anda terlibat dengan hal-hal yang membuat anda takut maka anda akan mendapati bahwa hal tersebut semakin mudah bagi anda seiring dengan berjalannya waktu.

 

Santai untuk Mencegah Cemas

Apakah Anda orang yang mudah cemas? Bisa jadi itu adalah tanda dari kecerdasan diri Anda, penasaran? Simak di sini. (iStockphoto)​

3. Bersantai

Berolahraga dan melakukan hal-hal seperti yoga dapat membantu membuat anda dapat lebih tenang. Selain itu kurangi juga konsumsi minuman bersoda dan minuman berkafein seperti kopi. Ini karena pada beberapa orang kafein dapat membuat cemas.

Jika keluar dari zona nyaman dan mencoba melawan hal-hal yang membuat anda merasa cemas adalah hal yang menyulitkan, maka Dr. Busman mengatakan bahwa tempat untuk mencoba untuk bicara itu adalah dengan orangtua. Katakan pada orangtua tentang apa yang anda rasakan dengan sebenar-benarnya.

"Kecemasan adalah sesuatu yang dapat kamu dapatkan bantuannya, tetapi memberitahu seseorang bahwa kamu membutuhkannya adalah langkah pertama," kata Dr. Busman.

Penulis: Winda Nelfira

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hilang Kendali, Penari Lempar Gendang ke Penonton

Posted: 29 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang penari kehilangan kendali saat pertunjukan di sebuah pesta pernikahan. Ia tak sengaja melempar gendang yang dibawanya menari ke arah penonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa 2 Orang Terkait Kematian Hakim PN Medan

Posted: 29 Nov 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pihak kepolisian memeriksa dua orang saksi terkait kasus kematian hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin. Korban ditemukan di sebuah jurang di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Ada dua orang kita periksa," kata Kapolsek Kutalimbaru AKP Bilter Sitanggang di Medan, Sabtu (30/11/2019).

Mengenai identitas kedua orang tersebut, Bilter belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, karena masih dalam proses penyelidikan.

"Identitasnya nanti ya, karena masih dalam proses penyelidikan," ujarnya seperti dikutip Antara.

Diberitakan sebelumnya, Jamaluddin ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di sebuah jurang di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Jumat siang.

Korban yang merupakan hakim dan juga Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, ditemukan warga di dalam satu unit mobil Toyota Land Cruiser Prado nomor polisi BK 77 HD warna hitam.

Saat ditemukan jenazah sudah membiru dengan kondisi terbaring di posisi bangku belakang. Selanjutnya korban langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Medan untuk dilakukan autopsi.

Setelah autopsi pada Sabtu dini hari, jenazah langsung dibawa ke kampung halamannya di Nagan Raya, Aceh.

Pengakuan Istri Korban

Sementara berdasarkan pengakuan istri korban, Juraida, sebelum suaminya ditemukan tewas, hakim PN Medan itu sempat berpamitan untuk bertemu rekannya di Bandara Kualanamu.

"Kata istrinya tadi sama saya, dia (korban) jemput temannya ke bandara. Jam 5 udah berangkat dari rumah," kata Humas PN Medan Erintuah saat ditemui di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Medan, Jumat malam.

Selain itu, kata Erintuah, rekan kerjanya juga sempat melihat korban hadir ke kantor. Pada saat itu korban tidak mengenakan pakaian training seperti yang dipakai saat ditemukan meninggal dunia.

"Masih pakai jeans dia, belum pakai training. Karena memang setiap hari Jumat kami olahraga, cuma hari ini enggak ada olahraga karena ada kegiatan sosialisasi. Tapi waktu sosialisasi itu, dia udah enggak keliatan," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Bulutangkis Indonesia Menanti 2 Jam untuk Jalani Latihan Perdana di SEA Games 2019

Posted: 29 Nov 2019 08:47 PM PST

Manila- Tim bulutangkis Indonesia mendapatkan kendala saat akan melakoni latihan pertama jelang SEA Games 2019 dan uji coba lapangan di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Sabtu (30/11). Namun, sesi latihan terpaksa mundur dua jam karena masalah transportasi.

Tim bulutangkis Indonesia di SEA Games 2019 seharusnya latihan pada pukul 08.00 waktu setempat. Namun bus ofisial yang seharusnya mengantar, baru datang pukul 08.00.

Sementara waktu tempuh hotel dengan lokasi latihan serta persiapan sebelum latihan, kira-kira membutuhkan waktu sekitar dua jam. Secara otomatis jadwal latihan pun harus terlambat.

"Transportasi terlambat sampai dua jam. Otomatis jadwal latihan jadi terlambat. Kami akhirnya minta panitia untuk reschedule jadwal latihan," kata Eddy Prayitno, manajer tim bulutangkis Indonesia.

Kendala ini juga dialami oleh kontingen bulutangkis dari beberapa negara lainnya. Saat dikonfirmasi kepada panitia, mereka mengaku hal ini terjadi karena seluruh transportasi terkonsentrasi untuk persiapan upacara pembukaan SEA Games 2019.

"Bus yang disediakan akhirnya hanya dua untuk enam negara. Kapasitas bus untuk 50 orang, jadi semua atlet menumpuk masuk bus. Kami utamakan atlet dulu. Sementara kami para ofisial dari berbagai negara menggunakan transportasi online, pesan sendiri," ujar Eddy.

"Tidak hanya latihan ini. Kami mau managers meeting juga pesan taksi dan transportasi online sendiri. Dari panitia tidak menyediakan. Dan ini cukup mengganggu mobilitas kami," ungkap Eddy.

Bulutangkis SEA Games 2019 akan dimulai pada Minggu (1/12/2019) yang akan dimulai dari nomor beregu. Setelah final pada 4 Desember, bulutangkis SEA Games 2019 akan berlanjut dengan nomor perorangan pada 5-9 Desember 2019.

Disadur dari Bola.com (Endo/Gregah Nurikhsani, published 30/11/2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Minta Tak Disalahkan Luis Milla jika Gagal Lagi Bersama Timnas Indonesia

Posted: 29 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Manila - PSSI memberi peringatan kepada Luis Milla apabila dia nanti kembali menangani Timnas Indonesia. PSSI tidak ingin dijadikan kambing hitam Luis Milla apabila kembali gagal berprestasi.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri, Luis Milla akan selalu mendapat dukungan dari organisasi sepak bola tanah air. Dia meminta pelatih berpaspor Spanyol itu mengevaluasi diri sendiri.

"Jangan begitu gagal, mencari kambing hitam. Seperti dahulu, kalau tidak salah, dia sempat menyalahkan Ketua Umum PSSI sebelumnya, Pak Edy Rahmayadi," kata Cucu Somantri di Manila, seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, Luis Milla sempat menuding pengurus PSSI tidak profesional ketika dirinya pamit sebagai pelatih timnas Indonesia U-23 dan senior Indonesia. Saat itu, jabatan Ketua Umum PSSI masih dipegang Edy Rahmayadi.

Lewat unggahannya di akun media sosial Instagram pribadinya pada 21 Oktober 2018, Milla menulis, "Hari ini bukan hari yang mudah untuk saya karena tidak lagi melanjutkan karier melatih di Indonesia. Proyek satu setengah tahun ini sudah berakhir. Terlepas dari manajemen yang buruk, pelanggaran kontrak yang terus terjadi dan ketidakprofesionalan para pemimpin selama 10 bulan terakhir, saya merasa sudah melakukan pekerjaan dengan baik."

PSSI berpendapat, sikap menuduh seperti yang ditunjukkan Luis Milla sebelumnya tidak mencerminkan pelatih profesional. Luis Millan diharapkan lebih menjaga sikap apabila nanti benar-benar menangani Timnas Indonesia lagi.

 

Harus Tanggung Jawab

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, usai bertemu dengan PSSI di New World Manila Bay Hotel, Jumat malam (29/11). Pelatih asal Spanyol itu memberikan presentasi tentang rencananya untuk Timnas Indonesia. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

"Luis Milla harus bisa mempertanggungjawabkan semuanya sendiri. Jangan nanti kalau kalah bilang liganya, kompetisinya kurang bagus. Lalu kalau berhasil, mengklaim. Jika ada kekurangan, kan, kami akan selalu memberi dukungan," papar Cucu.

Sementara itu, Luis Milla sendiri menegaskan hubungan dia dengan PSSI baik-baik saja, walau sempat renggang di masa lalu. Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid ini telah melupakan semua hal negatif antara dirinya dengan PSSI.

Hubungan Baik

"Sekarang saya dan PSSI sudah kembali berhubungan baik dan menjalin komunikasi. Yang penting, kalau saya kembali ke timnas Indonesia, saya akan melanjutkan ide-ide sepak bola yang sempat tertunda," terang Luis Milla.

Selain Luis Milla, Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan, merupakan kandidat pelatih kepala timnas Indonesia untuk menggantikan Simon McMenemy yang dipecat. Luis Milla datang ke Filipina didampingi asistennya, Eduardo Perez pada Jumat (29/11/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Obat Tradisional Penyakit Kuning yang Ampuh, Gunakan Bahan Alami

Posted: 29 Nov 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Obat tradisional penyakit kuning menggunakan berbagai bahan-bahan alami. Seperti yang telah diketahui, pengobatan sakit kuning ini memang tidak dapat dilakukan dengan obat-obatan saja. Aspek yang paling penting dari pengobatan penyakit kuning adalah makan makanan yang tepat. 

Sakit kuning sendiri disebabkan oleh adanya kelebihan jumlah bilirubin dalam tubuh karena ketidakmampuan atau kelemahan fungsi hati yang bekerja bersama-sama dengan ginjal untuk menyaring zat tersebut.

Obat tradisional penyakit kuning bisa menjadi alternatif pengobatan agar sembuh lebih cepat. Di samping harus mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter, kamu juga perlu menjaga konsumsi makanan, khususnya yang dapat menjadi obat tradisional penyakit kuning ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/11/2019) tentang obat tradisional penyakit kuning

Tomat dan Air Tebu

Ilustrasi Air Tebu (iStockphoto)

Tomat

Obat tradisional penyakit kuning yang pertama adalah tomat. Tomat merupakan salah satu bahan makanan sumber likopen yang baik untuk kesehatan darah dalam tubuh. Minum jus tomat setiap pagi akan membantu memulihkan kesehatan hati.

Tomat juga kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan organ hati. Jus tomat juga membantu dalam meremajakan sel-sel hati.

Air Tebu

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning selanjutnya adalah air tebu. Air tebu memiliki kandungan energi yang sangat tinggi dan dapat mempercepat proses pemulihan tubuh saat terkena sakit kuning.

Bahkan konsumsi secara teratur dapat membantu memulihkan kapasitas hati dan membantu pencernaan. Minumlah 1-2 gelas jus tebu setiap hari.

Bawang Putih dan Pepaya

Bawang putih (Foto: iStockphoto)

Bawang Putih

Obat tradisional penyakit kuning selanjutnya adalah bawang putih. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang putih membantu dalam detoksifikasi hati, yang selanjutnya membantu mempercepat proses pemulihan dari penyakit kuning.

Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menambahkan 3-4 siung bawang putih cincang ke dalam makanan sehari-hari.

Pepaya

Obat tradisional penyaki kuning berikutnya adalah mengonsumsi pepaya. Pepaya memiliki kandungan enzim peptin yang dapat membantu menyembuhkan penyakit kuning.

Caranya cukup dengan menyampurkan pepaya mentah dengan daun pepaya, semua bahan dihaluskan dan ditambah madu. Kemudian campur dengan sedikit air dan minum sehari sekali.

Kunyit dan Jahe

Kunyit. (Foto: post-gazette.com)

Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah banyak yang tahu bahwa rimpang berwarna kuning oranye ini adalah tanaman obat yang sangat baik untuk berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit kuning.

Kunyit yang antibakteri, antimikroba, anti-inflamasi, dan bersifat antioksidan ini dapat menjadi obat tradisional penyakit kuning jika dikonsumsi secara rutin. Cukup mencampur dua ruas kunyit dengan madu dan diminum setiap 3 kali sehari.

Jahe

Obat tradisional penyakit kuning selanjutnya adalah Jahe. Jahe juga merupakan salah satu bahn alami yang baik untuk penyakit kuning. Sifatnya yang antibiotik dan antioksidan, mampu menyembuhkan dengan baik.

Cukup campur jahe yang sudah dihaluskan dengan air jeruk nipis dan ekstra mint, kemudian minum setiap hari. Kamu juga bisa menambahkan madu asli untuk mempercepat pemulihan.

Lemon dan Wortel

Lemon. (Foto: unsplash.com)

Lemon

Lemon juga merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan vitamin C, karena itulah lemon juga bisa mengobati sakit kuning. Lemon adalah salah satu makanan terbaik untuk mendetoks tubuh.

Peras satu lemon dan campur dengan segelas air hangat serta madu. Minum ramuan ini setiap pagi saat perut kamu masih kosong untuk membersihkan tubuh. Hal ini akan membantu membuka saluran empedu yang terhambat.

Wortel  

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan wortel sebagai obat tradisional penyakit kuning. Kaya akan beta-karoten dan rendah kolesterol, wortel merupakan sumber vitamin A dan C. Vitamin dan nutrisi yang ada dalam wortel ini membantu detoksifikasi hati dan bermanfaat untuk berfungsinya hati dengan baik.

Nanas dan Minyak Esensial Rosemary

Minyak Esensial Rosemary

Nanas

Sama dengan lemon, nanas adalah buah yang dapat mendetoks tubuh dan membantu membersihkan sel-sel hati. Nanas merupakan salah satu makanan yang dapat menyembuhkan sakit kuning secara efektif.

Jadi, kamu juga bisa mengonsumsi nanas secara teratur sebagai salah satu obat tradisional penyakit kuning.  

Minyak Esensial Rosemary

Obat tradisional penyakit kuning selanjutnya adalah minyak esensial rosemary. Minyak esensial rosemary ini memiliki sifat antioksidan dan efek hepatoprotektif pada hati.

Campurkan 12 tetes minyak esensial rosemary dengan 30 ml minyak kelapa dan oleskan campuran ini pada perut kamu di dekat daerah hati. Pijat dengan lembut dan biarkan beberapa saat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggapan KONI Jawa Timur soal Atlet Senam Gagal ke SEA Games 2019

Posted: 29 Nov 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim), M. Nabil angkat bicara  soal atlet senam Indonesia, Shalfa Avrila Siani, dicoret dari skuad SEA Games 2019 Filipina karena tidak perawan adalah tidak benar atau hoaks.

Dia menuturkan, berdasarkan laporan yang diterima dari pelatih Timnas pencoretan dilakukan karena atlet berusia 17 tahun itu melakukan tindakan indisipliner.

"Jadi intinya tidak karena status keperawanan. Jadi, ini soal kedisiplinan terutama soal prestasi karena masing-masing cabang olahraga ada standarnya masing-masing," tuturnya, Jumat (29/11/2019).

Ia menuturkan, bantahan terkait tuduhan tidak perawan sudah dibuktikan atlet dengan proses medis. Namun, hingga saat ini, dirinya belum mengetahui secara persis mengapa tuduhan itu disampaikan dan masalah itu tidak ada hubungan dengan prestasi.

"Ini tidak ada hubungannya antara prestasi dan lainnya. Okelah kalau dia melakukan kesalahan moral, kemudian terbukti melakukan  tindakan kriminal dan sebagainya, maka akan langsung kita keluarkan," kata dia.

Kata Kemenpora

Logo SEA Games 2019. (Bola.com/Dody Iryawan)

Kemenpora mengaku cukup prihatin dengan munculnya pemulangan atlet karena tuduhan tidak perawan. Namun, Kemenpora kini mendapatkan kejelasan soal ini karena informasi yang beredar tidak benar.

"Kemenpora tentu cukup prihatin dengan kejadian tersebut. Kami sudah langsung komunikasi dengan Persani. Yang benar, katanya terkait dengan masalah kondisi prestasinya, jadi tidak ada hubungannya dengan masalah mohon maaf cek keperawanan," ujar Gatot.

"Sesuai dengan Perpres 95 Tahun 2017, hak promosi dan degradasi atlet memang ada di cabor, bukan di Kemenpora maupun KONI."

Di sisi lain, Kemenpora mengaku bakal bertindak tegas dengan cabor yang memulangkan atlet dengan sewenang-wenang." Karena ini selain masalah privasi dan kehormatan seseorang, juga itu tidak ada hubungannya dengan soal prestasi," ujarnya.

"Kepada seluruh cabor kami ingatkan untuk tidak menimbulkan kehebohan sekecil apa pun, karena itu akan berdampak luas pada konsentrasi kontingen Indonesia secara keseluruhan. Lebih baik berkonsultasi langsung pada pimpinan induk cabor ataupun KONI dan jika tidak dapat terselesaikan langsung ke Kemenpora, agar isu-isu sensitif seperti itu bisa segera dimitigasi secepatnya."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Dapat Kabar Buruk dari Ousmane Dembele

Posted: 29 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona mendapat kabar baru dari Ousmane Dembele. Pemain asal Prancis tersebut mengalami cedera di menit ke-25 ketika Barcelona menghadapi mantan klubnya, Borussia Dortmund.

Dembele tidak dapat melanjutkan dan digantikan oleh Antoine Griezmann di menit ke-26. Laga kelima Grup F Liga Champions di Camp Nou, Kamis (28/11/2019) lalu, itu dimenangkan Barcelona dengan skor 3-1.

Seperti dilansir Football Espana, hasil pemeriksaan menyatakan Dembele mengalami cedera otot di paha kanannya. Cedera itu membuat pemain berusia 22 tahun itu akan absen selama minimal dua bulan dan tidak akan kembali beraksi hingga Februari 2020.

Dembele hanya bermain tiga pertandingan penuh untuk Barcelona sejauh musim ini. Ia harus menepi karena sebelumnya juga mengalami cedera paha.

Dengan demikian, Dembele akan melewatkan sejumlah pertandingan dengan Barcelona. Dua laga di antaranya melawan Atletico Madrid, Senin (2/12/2019), dan El Clasico melawan Real Madrid pada 18 Desember.

 

Tim Dokter

Selebrasi Suarez bersama Ousmane Dembele pada laga semfinal Copa Del Rey yang berlangsung di stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (28/2). Barcelona menang 3-0 atas Real Madrid. (AFP/Oscar Del Pozo)

Ini bukan kali pertama Dembele mengalami cedera. Bahkan, ia sudah sering keluar-masuk ruang perawatan sejak bergabung dengan Barcelona pada 2017 lalu.

Cedera pertamanya, yang didapatkan pada masa awal gabung Barcelona, membuatnya harus absen sangat lama. Luis Suarez selaku rekan setimnya pun berharap tim dokter klub bisa segera menangani permasalahan Dembele.

"Dokter harus mencoba dan mecarikan solusi untuk cederanya," kata Luis Suarez seperti dikutip dari ESPN FC. "[Mereka harus mencari tahu] bagaimana dia bisa terus cedera setelah dirinya sudah pulih. Kami harap dia bisa segera kembali bersama kami," lanjutnya.

 

Klasemen Liga Spanyol 2019-2020

Untuk klasemen lengkap Liga Spanyol 2019-2020, silakan klik di sini...

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Newcastle Vs Manchester City: Tim Tamu Wajib Menang dan Konsisten

Posted: 29 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester City tak punya cara lain untuk menjaga kans juara selain bermain konsisten dan menang.Di Klasemen Premier League, Manchester City terpaut sembilan poin dengan Liverpool.

Namun, Manchester City bakal tetap mencoba mengejar rivalnya itu. Melawan Newcastle, mereka pun membidik poin penuh.

Juara bertahan dan peringkat 3 Manchester City akan bertandang ke St James' Park untuk menghadapi tim peringkat 14 Newcastle pada pekan ke-14 Premier League 2019/20, Sabtu (30/11/2019).

Di tempat ini musim lalu, City menyerah 1-2. City sempat unggul lewat gol Sergio Aguero menit 1, tapi Newcastle bisa membalikkan skor melalui gol Salomon Rondon menit 66 dan penalti Matt Ritchie menit 80. Sang manajer Josep Guardiola perlu memastikan hasil itu tidak terulang.

Newcastle tak terkalahkan dalam lima laga kandang terakhirnya di Premier League. Itu termasuk imbang 1-1 melawan tetangga The Citizens, Manchester United. Ini bisa jadi merupakan sebuah indikasi bahwa anak-anak asuh Guardiola tak bakal mudah mewujudkan misi mereka merebut tiga poin.

City baru saja gagal menang di Liga Champions. Menjamu Shakhtar Donetsk, tanpa Aguero yang cedera, City cuma imbang 1-1. Satu gol City dicetak oleh Ilkay Gundogan dari assist Gabriel Jesus.

Manchester City harus menampilkan performa yang jauh lebih baik jika ingin membawa pulang tiga poin dari St James' Park.

 

Perkiraan Susunan Pemain

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (tengah) berbincang dengan asisten Mikel Arteta selama sesi pelatihan di City Football Academy, Inggris (18/9). City akan bertanding melawan wakil Prancis, Lyon pada grup F Liga Champions. (AFP Photo/Oli Scarff)

Newcastle (5-4-1): Dubravka; Willems, Dummett, Clark, Schar, Yedlin; Saint-Maximin, Hayden, Longstaff, Almiron; Joelinton.

Manajer: Steve Bruce.

Info skuad: Lascelles (cedera), Ritchie (cedera), Lejeune (meragukan).

City (4-3-3): Ederson; Mendy, Fernandinho, Stones, Cancelo; David Silva, Rodrigo, De Bruyne; Sterling, Gabriel Jesus, Bernardo Silva.

Manajer: Josep Guardiola.

 

Info skuad: Sane (cedera), Laporte (cedera), Zinchenko (cedera), Aguero (cedera).

 

Head-to-Head dan Performa

Head-to-Head (Premier League)

Pertemuan: 38

Newcastle menang: 8

Gol Newcastle: 35

Imbang: 7

City menang: 23

Gol City: 70.

 

5 Pertemuan Terakhir

30-01-2019 Newcastle 2-1 City (EPL)

01-09-2018 City 2-1 Newcastle (EPL)

21-01-2018 City 3-1 Newcastle (EPL)

28-12-2017 Newcastle 0-1 City (EPL)

20-04-2016 Newcastle 1-1 City (EPL).

 

5 Pertandingan Terakhir Newcastle (K-S-M-M-K)

19-10-2019 Chelsea 1-0 Newcastle (EPL)

27-10-2019 Newcastle 1-1 Wolverhampton (EPL)

02-11-2019 West Ham 2-3 Newcastle (EPL)

09-11-2019 Newcastle 2-1 Bournemouth (EPL)

26-11-2019 Aston Villa 2-0 Newcastle (EPL).

 

5 Pertandingan Terakhir City (M-S-K-M-S)

02-11-2019 City 2-1 Southampton (EPL)

07-11-2019 Atalanta 1-1 City (UCL)

10-11-2019 Liverpool 3-1 City (EPL)

24-11-2019 City 2-1 Chelsea (EPL)

27-11-2019 City 1-1 Shakhtar (UCL).

 

Statistik dan Prediksi Skor

Newcastle tak terkalahkan dalam 5 laga kandang terakhirnya di Premier League (M2 S3 K0).

Tercipta 3 gol atau lebih dalam 12 dari 14 laga terakhir City di Premier League.

City mencetak 2 gol atau lebih dalam 12 dari 14 laga terakhirnya di Premier League.

City menang 19 kali dan cuma kalah 1 kali dalam 22 laga terakhirnya melawan Newcastle di Premier League, kandang dan tandang (M19 S3 K1).

Prediksi skor akhir: Newcastle 1-2 Manchester City

Disadur dari Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 29/11/2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Chat Tanda Ditolak Secara Halus yang Bikin Miris

Posted: 29 Nov 2019 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masa-masa pendekatan kepada orang yang disukai memang bukan masa yang mudah. Kadang kamu harus melakukan segala hal untuk mendapatkan hatinya.

Memberi perhatian dengan sering berkomunikasi dengan gebetan lewat chat adalah salah satu yang paling sering dilakukan. Namun demikian, kamu harus sadar diri bila dia telah memberikan penolakan.

Artikel tentang chat tanda ditolak secara halus menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan pesan mengharukan ibu pada anaknya yang jadi ojek online.

Sementara artikel tentang zodiak yang sering disisihkan menjadi yang terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Chat Tanda Ditolak Secara Halus Ini Bikin Senyum Getir

Doc: Instagram.com

Kamu harus sadar diri bila dia telah memberikan penolakan. Seperti dalam chat-chat berikut ini dihimpun dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

2.Viral, Pesan Mengharukan dari Ibu pada Anaknya yang Driver Ojol

Sumber: Twitter @ryan_nus

Setiap orangtua pasti akan mendukung setiap hal yang akan dilakukan oleh anak-anaknya. Biasanya dukungan tersebut dapat berupa perkataan yang menghangatkan yang akan selalu kita ingat hingga kapanpun.

Selengkapnya...

3. 5 Zodiak Ini Suka Merasa Disisihkan dan Dilupakan

ilustrasi/copyright pexels.com/Marcelo Chagas

Menyebalkan memang bila terasa disisihkan. Perasaan ini dapat membawa Anda ke masa-masa di mana orang menjauhi Anda. Saat Anda mempelajari astrologi, ternyata memang ada beberapa zodiak yang merasa cukup sering dilupakan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PANRB Bakal Ganti Eselon III dan IV dengan Robot di Desember

Posted: 29 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memangkas atau menyederhanakan struktur pejabat eselon di lingkungan pemerintah, baik kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda).

Sebagai proyeksi awal, Jokowi telah meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk memulai perampingan eselonisasi dan menggantikannya dengan robot.

"Saya sudah perintahkan ke Menteri PANRB Tjahjo Kumolo untuk diganti dengan AI (Artificial Intelligence). Kalau diganti AI, Birokrasi Kita jadi lebih cepat, saya yakin itu," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Eddy Syah Putra mengatakan, Menteri Tjahjo akan menyampaikan kesiapan instansinya untuk melakukan perampingan eselonisasi pada acara anugerah ASN di TVRI, 2 Desember 2019 nanti.

"Untuk yang di Menpan sendiri, kita sudah mempersiapkan sesuai dengan janji pak Menteri bahwa Kemenpan siap untuk dilakukan tahun ini. Diharapkan bahwa di bulan Desember ini, setelah pak Menteri menyampaikan akan ada pelantikan menyesuaikan peralihan dari struktural ke fungsional di Kemenpan," tuturnya di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, seperti dikutip Sabtu (30/11/2019).

"Ini akan menjadi contoh apa yang Pak Menteri (Tjahjo) sampaikan ke pak Presiden (Jokowi) bahwa Kemenpan sudah siap," dia menambahkan.

Eddy menyatakan, pihaknya tengah menyusun beberapa regulasi terkait pengalihan jabatan struktural ke fungsional tersebut. Menurutnya, itu tidaklah mudah, lantaran ada banyak item dan aturan yang harus dikeluarkan, termasuk bagaimana karir seseorang ketika sudah tidak ada di struktural.

"Memang kita konsen terhadap apa yang sudah menjadi prioritas dari presiden ini. Saya kira Menpan sudah siap, karena dimanapun pak menteri selalu menyatakan akan mencoba melakukan tahun ini di Kementerian PANRB," tegasnya.

Tak hanya dari internal Kementerian PANRB, ia melanjutkan, pihaknya juga meminta usulan kepada kementerian/lembaga lain terkait posisi apa saja yang tidak perlu dilakukan perampingan.

"Mudah-mudahan nanti setelah ada dengan berbagai pertimbangan bisa mempercepat proses evaluasi dengan Kemenpan," tukas Eddy.

Jokowi Minta Menteri PANRB Ganti Eselon III dan IV dengan Robot

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (5/5). Mereka adalah Ketua KPK Agus Rahardjo, Basaria Pandjaitan, Saud Situmorang, dan Alexander Marwata. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di periode kedua pemerintahan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji memangkas birokrasi yang menghambat. Salah satunya, memangkas jabatan eselon III dan IV.

Jokowi telah memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo untuk menggantikan jabatan eselon III dan IV dengan robot pintar atau artificial intelligence (AI).

"Saya sudah perintahkan juga ke Kementerian PANRB diganti dengan AI," ungkapnya di Peresmian Pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Eks Gubernur DKI Jakarta ini yakin artificial intelligence bisa mempercepat kerja dan penanganan masalah. Selama ini, keberadaan eselon III dan IV justru membuat pelayanan birokrasi berbelit-belit.

"Kalau diganti aritificial inteligence birokrasi kita lebih cepat, saya yakin itu. Tapi sekali lagi, ini juga akan tergantung omnibus law ke DPR," sambungnya.

Rencana pemangkasan jabatan eselon III dan IV semula disampaikan Jokowi dalam pidato pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja," kata Jokowi.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com  

Jokowi Perintahkan Setiap Kementerian Pangkas Eselon IV

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya dalam pembukaan Bali Democracy Forum (BDF) IX di Nusa Dua, Kamis (8/12). Kegiatan selama dua hari tersebut diikuti delegasi dari 94 negara dan sejumlah organisasi internasional. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sebaik apapun peraturan, sebaik apapun regulasi jika orientasi birokrasi belum berubah maka akan menjadi masalah yang berkaitan dengan kecepatan, yang berkaitan dengan sumbatan.

Oleh sebab itu, reformasi birokrasi harus dilakukan besar-besaran, beriringan paralel dengan pemangkasan regulasi-regulasi yang ada. Selain itu Jokowi juga menekankan agar mengubah cara kerja yang manual ke cara kerja digital, mengubah mindset dari dilayani menjadi melayani.

"Saya kira di Kementerian PANRB juga sudah menyiapkan yang nanti akan memangkas, yang pertama mungkin eselon 4 terlebih dahulu di setiap kementerian, meskipun ini juga harus dilihat secara cermat kajiannya," kata Jokowi dikutip dari laman Setkab, pada Selasa 12 November 2019.  

Namun Jokowi mengingatkan, yang tidak kalah pentingnya adalah mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil.

"Jangan sampai kita masih bertele-tele di prosedur tapi golnya, hasilnya justru itu tidak dilihat. Sekali lagi mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil," tegasnya.

Jokowi juga menegaskan agar terjadi perbaikan ekosistem regulasi yang mendukung cipta lapangan kerja, seluruh kementerian harus mengidentifikasi regulasi-regulasi yang ada di kementerian yang menghambat.

"Jika ada yang menghambat, segera dipangkas atau diusulkan untuk dipangkas pada Presiden," pinta Jokowi.

Khusus yang berkaitan dengan mandat dalam undang-undang, menurut Presiden, akan dikumpulkan dan nanti akan dilakukan yang namanya omnibus law yang akan dibahas bersama DPR. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Keseruan Dream Day 2019, Apa Saja?

Posted: 29 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan tahunan situs muslim lifestyle pertama dan terbesar di Indonesia, Dream.co.id, Dream Day 2019 mulai digelar di Kota Kasablanka, 29 November-1 Desember 2019.

Pada hari pertama gelaran Dream Day 2019 yang berlangsung pada 29 November 2019. Acara berlangsung meriah dengan dihadiri para peserta dan penonton.

Acara diisi dengan workshop sketsa, talkshow, inspiring talkshow dan beauty gathering dengan Wirda Mansur Mustika Puteri, serta beauty gathering bersama Corine de Farme, dan serta berbincang tentang umrah tenang tanpa utang.

Sementara pada 30 November 2019 akan berlangsung Kids Fashion Muslim Competition juga final Muslimah Influencer Awards 2019.

Acara akan ditutup pada 1 Desember 2019. Pada hari itu sejumlah acara menarik akan digelar, mulai dari beauty gathering, final Dream Inspiring Women 2019, serta berbagai talkshow, serta pertunjukan musik.

Dream Day berusaha menghadirkan kegiatan yang selalu mengikuti perkembangan gaya hidup di masyarakat, khususnya para hijaber.

Menginspirasi Banyak Orang

Jangan sampai melewatkan acaranya tahun ini./Copyright Dream.co.id

Tak hanya berlaku untuk para remaja atau wanita dewasa, Dream Day juga bisa mengajak buah hati, keponakan, atau adik-adik berusia 3-6 tahun untuk ikutan Kids Fashion Muslim Competition.

Dream Inspiring Women disiapkan sebagai ajang pemilihan muslimah kreatif, berwawasan luas, dan aktif lewat kegiatan yang mampu menginspirasi banyak orang.

Sebagai penghargaan atau perjuangan tersebut, para pemenang diberi kesempatan yang diimpikan semua hijaber di Indonesia yaitu menginjakkan kaki di Tanah Suci untuk menjalankan umroh dengan tiket serta akomodiasi gratis dari Dream.co.id.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Safira Crespin, Model Cantik yang Dikabarkan Putus dari Endy Arfian

Posted: 29 Nov 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Safira Crespin menjadi perbincangan hangat. Safira adalah sosok model cantik dan selebgram terkenal yang tergabung dalam A Team Management yang dibawahi oleh Awkarin. 

Sebelumnya, gadis manis ini ramai dibicarakan netizen setelah diketahui dirinya menjalin hubungan dengan aktor muda tampan Endy Arfian. Namun kini hubungan asmara pemilik nama lengkap Safira Trisjaya Crespin ini diterpa gosip miring dan berakhir kandas. 

Keretakan hubungan pasangan tersebut dianggap adanya orang ketiga. Pernyataan ini disampaikan oleh Crespin melalui media sosial Instagramnya. Nama Prilly Latuconsina pun menjadi nama yang terseret sebagai orang ketiga. Padahal baik Prilly maupun Endy sudah bersahabat sejak masih kecil.

Diterpa isu tak sedap, kini Safira dan Endy dikabarkan resmi putus. Terlepas dari kabar kandasnya hubungan asmaranya, Crespin adalah sosok manis dan kerap kali mengunggah potret dirinya di media sosial. Punya paras cantik dan imut, berikut ini 7 potret Safira Crespin yang dirangkum dari Instagram miliknya oleh Liputan6.com, Sabtu (30/9/2019). 

1. Safira Crespin adalah selebgram dan juga model yang punya banyak penggemar.

Hubungan asmara Safira Crespin diterpa gosip perselingkuhan antara Endy Arfian dan Prilly Latuconsina. (Sumber: Instagram/@safiracrespin)

2. Terbukti dari akun media sosial Instagramnya, Crespin memiliki pengikut sebanyak 250 ribu.

Hubungan asmara Safira Crespin diterpa gosip perselingkuhan antara Endy Arfian dan Prilly Latuconsina. (Sumber: Instagram/@safiracrespin)

3. Ia kerap mengunggah foto ketika sedang menikmati makanan dan berkunjung ke tempat wisata.

Hubungan asmara Safira Crespin diterpa gosip perselingkuhan antara Endy Arfian dan Prilly Latuconsina. (Sumber: Instagram/@safiracrespin)

4. Jadi model, ia juga tak jarang menerima endorse dan jalani pemotretan.

Hubungan asmara Safira Crespin diterpa gosip perselingkuhan antara Endy Arfian dan Prilly Latuconsina. (Sumber: Instagram/@safiracrespin)

5. Pesonanya dengan makeup tebal bahkan tak melunturkan sisi femininnya.

Hubungan asmara Safira Crespin diterpa gosip perselingkuhan antara Endy Arfian dan Prilly Latuconsina. (Sumber: Instagram/@safiracrespin)

6. Crespin juga tampil cantik dengan rambut panjang bergelombangnya.

Hubungan asmara Safira Crespin diterpa gosip perselingkuhan antara Endy Arfian dan Prilly Latuconsina. (Sumber: Instagram/@safiracrespin)

7. Pesona Crespin di depan kamera sukses dibanjiri pujian oleh para penggemarnya di media sosial.

Hubungan asmara Safira Crespin diterpa gosip perselingkuhan antara Endy Arfian dan Prilly Latuconsina. (Sumber: Instagram/@safiracrespin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petugas PT KCI Temukan Uang Rp 12 Juta dalam Commuter Line

Posted: 29 Nov 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Petugas PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengamankan uang senilai lebih dari Rp 12 juta di dalam sebuah tas yang tertinggal pada rangkaian KA 1237 relasi Jakarta Kota-Bogor pada Jumat (29/11) sekitar pukul 22.00 WIB.

Mulanya, petugas mendapatkan laporan mengenai barang tertinggal berupa tas di rangkaian KRL tersebut. Laporan barang tertinggal diterima oleh petugas di Stasiun Tebet.

"Setelah menerima laporan, kereta diketahui telah masuk Stasiun Depok. Petugas pengawalan kereta, petugas pelayanan KRL dan petugas di Stasiun Depok menyusuri KRL dan berhasil menemukan tas berwarna hijau tertinggal di Kereta Khusus Wanita," kata VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba dalam keterangan, Sabtu (30/11/2019).

Setelah ditemukan bersama, hasil pemeriksaan tas petugas mendapati identitas pemilik, uang senilai Rp 12.211.000, dan sejumlah barang lainnya. Atas penemuan tersebut, petugas Stasiun Depok menghubungi pengguna jasa KRL yang barangnya tertinggal.

"Dengan kejujuran dan koordinasi baik antarpetugas, akhirnya uang yang tertinggal kembali ke pemiliknya. Pemilik kemudian mengambil tas tersebut di Stasiun Depok pada pukul 23.00 WIB," tutupnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Irak Abdul Mahdi Mundur dari Jabatan Dipicu Protes Berdarah

Posted: 29 Nov 2019 08:25 PM PST

Liputan6.com, Baghdad - Kantor pemerintah Irak melaporkan bahwa Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya. Langkah itu diambil setelah lebih dari 40 orang tewas dalam aksi demosntrasi anti-pemerintah yang berlangsung ricuh. 

Sementara itu, ulama Muslim Syiah Irak mengutuk penggunaan kekerasan pada demonstran, dan menyerukan keinginan adanya pemerintah baru. Demikian dikutip dari BBC, Sabtu (30/11/2019).

Sekretaris Umum PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa ia sangat khawatir atas berbagai laporan soal penggunaan amunisi langsung terhadap demonstran, serta menyerukan pengekangan secara maksimum. 

Alasan Abdul Mahdi Mengundurkan Diri

Abdul Mahdi, Perdana Menteri Irak. (Source: AP/ Burhan Ozbilici)

Pernyataan itu mengatakan bahwa dia akan mengajukan pengunduran dirinya ke parlemen sehingga anggota parlemen dapat memilih pemerintah baru.

Itu terjadi setelah Grand Ayatollah Ali al-Sistani menyerukan pemerintahan baru.

"Menanggapi panggilan ini, dan untuk memfasilitasi secepat mungkin, saya akan mengajukan kepada parlemen permintaan [untuk menerima] pengunduran diri saya dari kepemimpinan pemerintah saat ini," tulis pernyataan yang ditandatangani oleh Abdul Mahdi.

Pernyataan itu tidak menyebut kapan pengunduran pasti dirinya. Kendati demikian pada Minggu, 1 Desember, parlemen akan mengadakan sesi darurat untuk membahas krisis yang terjadi.

Sebelumnya, pada Jumat, 29 November, Ayatullah Sistani mengatakan pemerintah tampaknya "tidak dapat menangani peristiwa yang terjadi selama dua bulan terakhir".

"Parlemen, dari mana pemerintah saat ini muncul, harus mempertimbangkan kembali pilihannya dan melakukan apa yang menjadi kepentingan Irak," katanya dalam sambutan yang disampaikan oleh perwakilannya selama khotbah yang disiarkan televisi di kota Karbala.

Ayatollah mengatakan serangan terhadap demonstran "dilarang" dan juga mendesak demonstran untuk menghindari kekerasan dan menjadi pengacau.

Abdul Mahdi telah menawarkan pengunduran dirinya sebelumnya, tetapi intervensi oleh Ayatollah Sistani, orang yang paling berpengaruh di negara ini, membuat segalanya menjadi berbeda sekarang, editor BBC Timur Tengah Jeremy Bowen melaporkan.

Apa yang terjadi di Irak adalah bagian dari gelombang kerusuhan di seluruh wilayah, banyak di antaranya didorong oleh kemarahan orang-orang di bawah usia 30 yang muak dengan banyaknya pengangguran, layanan publik yang tidak dapat diandalkan dan apa yang mereka anggap sebagai korupsi oleh elit negara itu.

Abdul Mahdi sebelumnya telah memerintahkan penyelidikan atas kekerasan pada hari Kamis, 28 November di Provinsi Dhi Qar dan Najaf.

Latar Belakang Aksi Protes

Demonstran antipemerintah melemparkan batu arah pasukan keamanan saat bentrok di Rasheed Street, Baghdad, Irak, Kamis (28/11/2019). Sebanyak 27 demonstran antipemerintah tewas ditembak mati oleh pasukan keamanan Irak dalam sehari. (AP Photo/Khalid Mohammed)

Abdul Mahdi baru memimpin Irak kurang lebih setahun yang lalu. Ia menjanjikan reformasi yang belum terwujud.

Anak muda Irak akhirnya turun ke jalan-jalan di kota Baghdad untuk pertama kalinya pada awal Oktober.

Protes pertama yang dimulai pada bulan Oktober, aksi tersebut berlangsung enam hari dan menewaskan 149 warga sipil. Karena itu, Abdul Mahdi berjanji untuk merombak kabinetnya dan memotong gaji para pejabat tinggi, dan juga mengumumkan skema untuk mengurangi pengangguran kaum muda.

Namun para pengunjuk rasa mengatakan tuntutan mereka belum dipenuhi dan kembali ke jalan pada akhir Oktober. Demonstrasi meningkat dan menyebar ke seluruh negeri setelah personel keamanan menanggapi dengan kekuatan mematikan.

Pada akhir Oktober, Abdul Mahdi menawarkan untuk mengundurkan diri jika para pihak dapat menyetujui penggantian.

Demo yang Terakhir Terjadi

Demonstran antipemerintah membakar barang-barang saat pasukan keamanan menutup Rasheed Street selama bentrok di Baghdad, Irak, Kamis (28/11/2019). Sebanyak 27 demonstran antipemerintah tewas ditembak mati oleh pasukan keamanan Irak dalam sehari. (AP Photo/Khalid Mohammed)

Pada Jumat, 29 November, setidaknya 15 orang tewas dalam bentrokan terkini di kota Nasiriya.

Para pemrotes telah merayakan pengumuman pengunduran diri Abdul Mahdi. Di Baghdad, seorang pemrotes bernama Hejar mengatakan kepada BBC bahwa itu adalah kemenangan bagi para pemrotes, tetapi masih ada lebih banyak tuntutan.

"Ini adalah permintaan pertama kami. Itu akan mengubah sesuatu. Kemudian permintaan kedua kami adalah untuk menutup parlemen. Kami berharap itu akan terjadi karena para pemuda kami sangat kuat dan mereka memegang kata-kata mereka, kami mengatakan bahwa kami akan tinggal di sini, "katanya.

Hejar mengatakan pengunjuk rasa akan tetap berada di jalan meskipun menggunakan kekuatan mematikan terhadap mereka.

"Sulit bagi kami, seperti sulit bagi semua orang untuk melihat bagaimana pasukan keamanan berurusan dengan kami, bagaimana mereka membunuh kami dengan gas air mata, amunisi langsung. Dan itu menghancurkan kami, tetapi kami kuat dan kami akan berdiri diam dan menuntut apa yang tepat untuk kami juga," ujarnya.

Saksikan Pilihan Video di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bintang Vietnam yang Pantas Diwaspadai Timnas Indonesia U-22

Posted: 29 Nov 2019 08:20 PM PST

Jakarta Timnas Indonesia U-22 bersaing ketat dengan Vietnam di cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games 2019. Tergabung di Grup B, keduanya berhasil memenangkan dua pertandingan awal dengan kemenangan.

Kini, pembuktian siapa tim yang lebih kuat bakal terpampang di Rizal Memorial Stadium, Manila, Minggu (1/12/2019). Vietnam yang berada di puncak klasemen sementara Grup B, akan bertarung dengan rival terdekatnya, Timnas Indonesia U-22.

Laju Vietnam begitu mulus di Grup B lantaran tim berjulukan The Golden Stars ini menghadapi dua negara lemah. Pertama, armada Park Hang Seo menghabisi Brunei Darussalam 6-1. Kedua, tim berjulukan Vietnam membantai Laos 6-1.

Selain menjadi pemuncak klasemen sementara Grup B, Vietnam juga berlabel tim tersubur. The Golden Stars berhasil 12 kali membobol gawang lawan dan hanya sekali kemasukkan.

Namun, Timnas Indonesia U-22 adalah tantangan sesungguhnya bagi Tim Negeri Paman Ho Muda di babak penyisihan. Armada Indra Sjafri sangat difavoritkan untuk meraup medali emas setelah dua penampilan sempurna ketika menang dengan dua gol tanpa balas melawan Thailand dan Singapura.

Berikut Bola.com merangkum tiga pemain berbahaya Vietnam yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-22:

Ha Duc Chinh

Ha Duc Chinh menjadi salah satu pemain Timnas Vietnam U-23 yang patut diwaspadai di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. (dok. Zing.vn)

Ha Duc Chinh begitu buas ketika diandalkan sebagai juru gedor Vietnam saat berpesta enam gol ke gawang Brunei Darussalam. Empat gol berhasil diciptakan oleh pemain berusia 22 tahun tersebut.

Namun, saat Vietnam menghajar Laos 6-1, Duc Cinh dicadangkan oleh Park Hang-seo. Penyerang SHB Da Nang itu baru bermain pada menit ke-70.

Nguyen Tien Linh

Pemain Timnas Vietnam U-22, Nguyen Tien Linh, saat laga Grup B SEA Games 2019 kontra Laos di Rizal Memorial Stadium, Manila (28/11/2019). (Bola.com/Dok. VFF)

Bukan cuma Duc Cinh, Vietnam juga punya bomber ganas lainnya dalam diri Nguyen Tien Linh. Pemain berusia 22 tahun ini membukukan hattrick ketika The Golden Stars membungkam Laos 6-1.

Park Hang Seo memainkan Duc Cinh dan Tien Linh secara bergantian. Nama kedua dipilihnya sebagai starter saat menghadapi Laos.

Entah siapa yang akan diandalkan, Timnas Indonesia U-22 harus menaruh atensi berlebih terhadap keduanya. Pasalnya, kontribusi Duc Cinh dan Tien Linh terbukti produktif untuk Vietnam.

Nguyen Quang Hai

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai, berusaha menghindari tekel bek kanan Timnas Indonesia, Putu Gede Juni Antara, dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Nguyen Quang Hai disebut-sebut sebagai Lionel Messi-nya Thailand. Persis seperti kapten Argentina itu, Quang Hai bertubuh mungil dan berposisi sebagai gelandang serang.

Setelah tak tampil pada partai pertama, Quang Hai turun sebagai starter saat Vietnam mengalahkan Laos 6-1. Pemain Ha Noi FC tersebut turut menyumbang satu gol.

Dengan kemungkinan Park Hang-seo memainkan materi pemain terbaiknya kontra Timnas Indonesia U-22, maka Quang Hai diyakini bakal menjadi jenderal lapangan tengah. Oleh sebab itu, kepiawaiannya dalam membangun serangan bakal membahayakan lini belakang pasukan Indra Sjafri.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa /Ario Yosia, published 30/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tranformasi Via Vallen, Cantik dan Memesona dari Dulu

Posted: 29 Nov 2019 08:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Via Vallen sudah tidak asing lagi di industri musik Tanah Air. Penyanyi kelahiran Surabaya ini dianggap sebagai angin segar karena mampu membawakan lagu dangdut dengan gaya yang kekinian. Tak heran kalau penyanyi 28 tahun ini kini banyak digandrungi para pecinta musik Tanah Air. 

Via Vallen diketahui melakukan debut nasional pertamanya pada 2015. Namanya kian melambung sejak membawakan single berjudul 'Sayang' di tahun 2017. Kian meroket kini wanita bernama lengkap Maulidia Octavia ini mendapatkan julukan 'Ratu Pop Koplo'.

Kesuksesan Via Vallen ini terbilang banyak lika-liku. Dirinya sempat mendapatkan pemberitahaan kurang mengenakan selama berkarier di industri musik Tanah Air. Baru-baru ini pelantun 'Bojo Galak' ini dikabarkan telah memilik anak dan suami. Hal ini diketahui publik dari sebuah video akun gosip.

Menanggapi berita miring tersebut Via mengaku cuek dan tak ingin banyak berkomentar lantaran tak ingin di cap sebagai artis yang banyak sensasi. Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin dikenal karena prestasinya.

Meniti karier dari nol, berikut 7 transformasi Via Vallen yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/11/2019).

1. Via telah memulai karier di dunia menyanyi sejak umur 15 tahun. Dirinya juga kerap dibilang mirip dengan Penyanyi Pop Indonesia Isyana Sarasvati.

Tranformasi Via Vallen (sumber: instagram.com/viavallen)

2. Pecinta K-Pop ini melakukan debut nasionalnya di tahun 2015 dengan single berjudul 'Selingkuh'. Dan mulai melejit setelah sukses membawakan lagu berjudul 'Sayang' di tahun 2017'.

Tranformasi Via Vallen (sumber: instagram.com/viavallen)

3. Sejak tahun 2014 hingga kini, Via telah beberapa kali mendapat penghargaan sebagai penyanyi dangdut wanita terpopuler di Indonesia.

Tranformasi Via Vallen (sumber: instagram.com/viavallen)

4. Via mulai kenal sejak bergabung dengan orkes musik bernama Om Serra. Wanita kelahiran 1 Oktober 1991 ini bergabung dengan Om Serra dan mulai berkarier dari panggung ke panggung, dari satu kota ke kota lainnya.

Tranformasi Via Vallen (sumber: instagram.com/viavallen)

5. Meski sudah sukses namun Via dikenel sebagai sosok yang tetap rendah hati dan sederhana.

Tranformasi Via Vallen (sumber: instagram.com/viavallen)

6. Pernah dituding operasi plastik, ia membantah dengan kerap mengunggah foto-foto lawasnya.

Tranformasi Via Vallen (sumber: instagram.com/viavallen)

7. Bagaimana menurutmu? Kecantikan Via Vallem memang alami sejak dulu.

Tranformasi Via Vallen (sumber: instagram.com/viavallen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejagung: Tim Kuasa Hukum First Travel Siap Ajukan PK

Posted: 29 Nov 2019 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung telah melakukan kajian dalam upaya hukum pengembalian aset korban penipuan First Travel.

Hasilnya, Kejaksaan Agung selaku jaksa penuntut umum terbentur aturan untuk mengajukan peninjauan kembali ke Mahkamah Agung (MA).

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (30/11/2019), satu-satunya upaya hukum pengembalian aset First Travel ke para korban adalah dengan menunggu kuasa hukum terpidana mengajukan upaya hukum peninjauan kembali (PK) ke MA.

Kepala Kejaksaan Agung Sanitiar Burhanuddin yang ditemui Jumat siang, menjelaskan, pihaknya telah berkomunikasi dengan kuasa hukum terpidana.

Dalam komunikasi tersebut kuasa hukum First Travel diakui jaksa agung telah menyatakan kesediaannya untuk mengajukan upaya hukum peninjauan kembali.

"Ini pengacara terpidana mengajukan PK, jadi kita lihat saja perkembangannya," ujar Jaksa Agung ST Burhanuddin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tolak Kekerasan, Nova Eliza Inisiasi “Suara Hati Perempuan”

Posted: 29 Nov 2019 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris Nova Eliza menginisiasi Yayasan Suara Hati Perempuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Anies tentang Tulisan di Balik Kaos yang Jadi Inspirasi Jalur Sepeda

Posted: 29 Nov 2019 08:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyadari salah tantangan di Jakarta adalah masalah transportasi. Anies pun teringat saat bersepeda bersama beberapa teman. Salah satunya memakai kaos bertuliskan kalimat satire.

"Kaos itu di belakang ada tulisan besar. Tulisannya begini 'Anda terjebak macet? Bukan Anda bikin macet'," kata Anies di Polda Metro Jaya, Sabtu (30/11/2019) pagi.

Dia mengaku memahami maksud dari kalimat tersebut. Karena itu dia kemudian mengampanyekan untuk bersepeda bagi warga Jakarta.

"Jadi, dia ngirim pesan bukan terjebak macet, sesungguhnya kita sama-sama buat macet. Kalau mau mengurangi kemacetan maka kita harus lebih banyak menggunakan kendaraan umum atau menggunakan sepeda," ucap Anies.

Dia mengaku ingin mengubah cara pandang. Selama ini masyoritas pengguna sepeda dan masyarkat memandang sepeda sebagai alat olahraga. Itulah sebabnya bersepeda memerlukan peralatan khusus baik baju, sepatu, helm bahkan sepeda khusus.

"Konsekuensinya bersepeda jadi mahal. Karena itu yang kita dorong adalah bukan bersepeda sebagai olahraga saja tapi bersepeda dipandang sebagai kegiatan transportasi," ucap Anies.

Dia mengatakan, saat ini jalur sepeda yang telah terbangun sepanjang 63 kilometer, sementara ia menargetkan 100 kilometer.

Sepeda Lebih Sehat

"Kalau Bapak-Bapak mendukung insyaallah lebih banyak lagi warga Jakarta menggunakan sepeda kalau itu tejadi maka bisa lebih sehat, interaksi lebih tinggi yang nggak kalah penting membangun kesadaran untuk memanfaatkan ruang jalan bersama-sama. Jalan bukan hanya milik kendaran bermotor tapi juga untuk kendaran bebas emisi seperti sepeda," tutup Anies.

Gubernur Anies Baswedan bersama dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono gowes bersama pada Sabtu (30/11/2019). Adapun rute yang ditempuh 21 kilometer.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inovasi Bayar Tilang Tanpa Antre di Cirebon

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Inovasi menarik dikeluarkan instansi pemerintahan di Kota Cirebon. Dalam pemanfaatan teknologi, pemilik kendaraan yang akan membayar tilang tidak perlu repot-repot lagi antre di pengadilan.

Pemkot Cirebon bersama Kejari dan PT Pos melakukan terobosan baru dalam memudahkan masyarakat membayar denda tilang. Yakni dengan membayar di kantor pos setelah sidang tilang dilakukan.

Warga yang sudah membayar denda tilang di kantor pos tinggal menunggu barang bukti STNK dan SIM di rumah.

"Sebelumnya kerja sama ini sudah kami lakukan di Kota Cirebon pada April 2019 lalu yang sekarang nasional. Namun rupanya tidak membuahkan hasil yang maksimal. Akhirnya, PT Pos dan BRI sepakat untuk memperluas program ini dengan skala lebih besar," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon M Syarifuddin, Jumat (29/11/2019).

Dia menuturkan, kerja sama Kejari dengan PT Pos dan BRI tersebut lantaran kasihan melihat warga yang harus antre panjang mengikuti proses sidang dan pembayaran denda tilang di Kantor Kejari Kota Cirebon.

Dia menyebutkan, ada sekitar 1.000 sampai 2.000 orang harus mengantre sidang tilang yang dilaksanakan seminggu sekali yakni hari Jumat.

"Adanya kerja sama ini selain pembayaran denda dan biaya perkara serta pengambilan bukti dilakukan di kantor Kejari Cirebon, juga bisa dilakukan di seluruh kantor Pos yang ada di wilayah Indonesia," kata dia.

Kerja sama tersebut, kata dia, merupakan bagian dari pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Menurutnya, selain mempersingkat waktu dan tidak repot, kerja sama itu juga bagian dari pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dia berharap, dari kerja sama tersebut tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan jasa titip atau sejenisnya. "Ini juga bisa memberantas praktik percaloan di Cirebon," kata dia.

Tilang untuk Wisatawan

Warga Cirebon saat menikmati layanan kantor pos terkait pembayaran denda tilang. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Kepala Regional V PT Pos Indonesia Jawa Barat dan Banten Helly Siti Halimah mengungkapkan, meski sudah terkoneksi secara nasional. Namun, Baru Kota Cirebon yang memanfaatkan layanan tersebut.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut lantaran kebijakan yang ditetapkan oleh Kejaksaan Negeri di masing-masing kota atau kabupaten.

"Jadi ya yang bisa memanfaatkan yang sudah ada kerja sama, misalnya Kota Cirebon. Karena data pelanggar yang akan diinput oleh petugas PT Pos kan bersumber dari Kejaksaan Cirebon," ujar dia.

Helly mengaku, sebelumnya Kejari Kota Cirebon hanya meminta layanan tersebut bisa dinikmati oleh warga di wilayah III Cirebon, yakni Kota dan Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu.

"Kami lihat ini terobosan baru dan manfaatnya besar untuk masyarakat. Akhirnya kami perluas dengan menyiapkan aplikasi agar sekaligus bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Indonesia," kata dia.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan, inovasi layanan tersebut dapat mempermudah wisatawan yang terkena tilang di Cirebon.

Pengunjung dari luar kota yang terkena tilang di Cirebon tak perlu menunggu lama untuk antre sidang. Mereka tetap dapat menikmati kunjungan wisata di Pantura Jawa Barat.

"Tinggal nanti bayar saja di kantor pos wilayah manapun di Indonesia karena sudah terkoneksi nanti tinggal tunggu saja berkas tilangnya diantar," kata dia.

Menurutnya, inovasi tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah Kota Cirebon membuat nyaman para wisatawan yang berlibur di Pantura Jawa Barat. 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perda yang Hambat Pertumbuhan Ekonomi Bakal Dikaji

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) melakukan kajian di enam daerah yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Sidoarjo.

Kajian yang dilakukan fokus pada peraturan daerah terutama soal investasi dan kegiatan berusaha seperti Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Perda Pajak dan Retribusi, Perizinan dan Ketenagakerjaan.

Pada studi tersebut, KPPOD juga menemukan sebanyak 347 Perda dinyatakan bermasalah dari 1.109 perda yang dikaji. Ratusan perda bermasalah ini diduga menjadi penyebab lambatnya pertumbuhan investasi di daerah.

Menanggapi persoalan Perda bermasalah, Direktur Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sukoyo menegaskan, apabila terdapat Perda yang berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi maka perlu dilakukan klarifikasi.

"Sekiranya ada perda, contohnya perda KTR yang berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi maka perlu dilakukan kajian (klarifikasi) untuk memastikan bahwa materi muatan yang terkandung didalamnya tidak sesuai dengan perundang-undangan yang lebih tinggi," ungkap Sukoyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Sukoyo menjelaskan, kewenangan pembatalan sudah tidak dimiliki oleh Kemendagri. Oleh karena itu DPRD sebagai pembentuk perda KTR dapat menggunakan fungsi pengawasan pelaksanaan tersebut dan dapat juga melakukan legislatif review untuk memperbaiki atau mencabut bersama Pemda.

"Perlu melakukan penyisiran kembali terhadap materi muatan perda KTR dan perda lain yang tidak ramah dengan investasi," jelas Sukoyo.

Berdasarkan ketentuan Permendagri 120 Tahun 2018 dalam hal ini Dirjen Otda mempunyai kewenangan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Perda) dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah (Raperkada) provinsi melalui fasilitasi atau pengkajian dan verifikasi.

"Terkait Perda provinsi yang telah diundangkan dapat dilakukan klarifikasi atas permintaan masyarakat. Apabila Raperda atau Raperkada berasal dari kabupaten atau kota maka fungsi binwas terdapat di Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat," jelas Sukoyo.

Perda Tak Komprehensif

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2014, semua angkutan umum harus memenuhi kelayakan dengan umur kendaraan maksimal 10 tahun, Jakarta, Senin (17/11/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Direktur Eksekutif KPPOD Robert Endi Jaweng menjelaskan, terdapat sejumlah faktor yang menjadi pokok Perda dinyatakan bermasalah.

"Pertama karena proses pembentukan Perda minim partisipasi publik. Kedua dari segi muatan regulasi yang menimbulkan dampak ekonomi negatif seperti biaya produksi dan ketiga penanganan Perda oleh Kementerian Dalam Negeri yang dinilai belum optimal karena tidak adanya alat yang ditetapkan Pemerintah pusat untuk menyusun Perda," jelas Endi Jaweng.

Di sisi lain, kata Endi, kurang harmonisnya lingkungan kebijakan sering kali membuat rumusan Perda tidak komprehensif dan tidak menyasar kepada kebutuhan masyarakat di daerah.

Saat ini terdapat peraturan yang saling bertentangan di level pusat, baik antara undang-undang dan regulasi turunannya maupun antar regulasi sektoral.

"Hal yang sama terjadi di daerah, dimana sering terjadi kontradiktif dengan regulasi Pemerintah pusat. Kondisi ini pada akhirnya memberikan dampak negatif bagi investasi dan pertumbuhan ekonomi daerah," ujarnya.

Endi menjelaskan, kesalahpahaman Pemda dalam menafsirkan regulasi nasional membuat banyak Perda yang inkonsisten dengan peraturan nasional.

Untuk itu KPPOD memberikan sejumlah rekomendasi kepada Pemerintah pusat, salah satunya penyelesaian berbagai pengaturan sebuah kebijakan tertentu yang tercantum dalam berbagai UU ke dalam satu UU melalui Omnibus Law.

"Pemerintah Daerah perlu memperbaiki ekosistem kerja dan komitmen politik regulator terkait seperti kepala daerah dan DPRD. Selain itu, rekrutmen dan peningkatan kapasitas SDM aparatur berdasarkan sistem merit," kata Endi Jaweng.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Pernyataan Pendiri Huawei Bisa sukses di Dunia Tanpa Google

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Artikel tentang CEO Huawei yang mengatakan, perusahaannya bisa jadi vendor smartphone terbesar di dunia jika tidak diblokir Google, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (29/11/2019).

Informasi lain yang juga menjadi perhatian datang dari pencurian mata uang digital semakin marak, dan frekuensi ideal 5G untuk smartphone.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Pendiri Huawei Pede Bisa Jadi Nomor 1 di Dunia Tanpa Google

Beberapa waktu lalu, CEO Huawei Richard Yu menyebut, Huawei bisa jadi vendor smartphone terbesar di dunia, melewati Samsung pada 2019, jika tidak diblokir Google.

Meski demikian, itu tak mengesampingkan kemungkinan Huawei menjadi nomor satu di dunia, bahkan dengan adanya larangan tersebut.

Pasalnya, dalam sebuah wawancara, pendiri Huawei Ren Zhengfei mengatakan, Huawei bisa menjadi pembesut smartphone nomor satu di dunia, tanpa Google.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Pencurian Mata Uang Digital Melonjak Tajam, Kerugian Tembus Rp 62 Triliun

Pencurian mata uang digital pada tahun 2019 telah melonjak tajam jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Laporan perusahaan forensik blockchain CipherTrace menyebut, kerugian atas pencurian mata uang digital diperkirakan melonjak menjadi USD 4,4 miliar atau sekitar Rp 62 triliun dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Angka itu naik 1,5 kali lipat lebih tinggi dari tahun lalu yang mencapai USD 1,7 miliar saja.

Baca selengkapnya di sini

3. Ini Frekuensi Ideal 5G untuk Smartphone

Kehadiran smartphone yang mendukung jaringan 5G sudah dimulai sejak tahun ini, dan diprediksi terus bertambah di tahun depan. Hal itu tidak lepas dari mulai digelarnya layanan 5G secara komersial di sejumlah negara.

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang sudah mulai mempersiapkan kehadiran 5G. Meski belum ada regulasi yang mengatur, termasuk soal frekuensi yang ingin digunakan, pemerintah sudah mulai menyiapkan beberapa opsi.

Salah satu frekuensi yang menjadi opsi adalah 3,5GHz. Frekuensi ini disebut menjadi salah satu yang paling ideal untuk nantinya digunakan untuk penerapan 5G bagi smartphone.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sempat Hilang 3 Pekan, Kades di Banjarnegara Ditemukan

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Fauzi, seorang kepala desa di Banjarnegara Jawa Tengah akhirnya ditemukan polisi setelah dilaporkan hilang sejak 12 November 2019 silam. Apa cerita di balik raibnya sang kepala desa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beralih Jadi Status ASN Diduga Penyebab 3 Pegawai KPK Mengundurkan Diri

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berlakuknya Undang-undang Nomor 19 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang merupakan revisi dari Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002, sejumlah pegawai KPK berencana mengundurkan diri.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (30/11/2019), hal ini muncul karena dalam salah satu pasalnya menyebutkan, pegawai KPK diharuskan beralih status menjadi aparatur sipil negara atau ASN.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, faktor yang mengkhawatirkan dalam pengalihan status pegawai adalah independensi. Karena jika penyidik statusnya ASN, akan menjadi kendala dalam menangani kasus yang melibatkan pejabat level tinggi, baik di eksekutif maupun legislatif.

"Apakah KPK masih bisa bekerja secara independen kalau status pegawainya adalah ASN? Atau jika statusnya ASN, ASN yang seperti apa yang bisa tetap menjamin KPK bekerja secara indenpenden? Ini sangat penting, karena KPK tidak mungkin bisa menangani kasus-kasus besar kalau pegawainya tidak diberikan jaminan independensi," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Sementara itu, Mohammad Tsani Annafari resmi mengundurkan diri dari penasehat KPK. Annafari menyatakan, surat pengunduran dirinya sudah disetujui.

Namun, dia menyatakan, secara pribadi ingin tetap mengabdi di KPK, karena merupakan kehormatan bisa membantu pemberantasan korupsi.

"Saya ASN dan saya ini seperti prajurit menunggu perintah. Sehingga saya akan kembali menunggu perintah selanjutnya apa. Saya akan lakukan semaksimal yang saya bisa, saya hanya ingin bekerja dengan baik," ucap penasihat KPK Tsani Annafari.

Tsani Annafari juga berharap rekan-rekannya tidak mengundurkan diri dari KPK agar upaya pemberantasan korupsi tetap berjalan.

 

Beralih Jadi Status ASN Diduga Penyebab 3 Pegawai KPK Mengundurkan Diri 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SEA Games 2019: Latihan Perdana, Tim Bulu Tangkis Tertahan 2 Jam

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Manila - Menjelang pertandingan SEA Games 2019, tim bulu tangkis Indonesia mengalami kendala ketika hendak berlatih di lapangan Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Sabtu (30/11/2019). Seharusnya latihan tersebut dimulai pukul 08.00 waktu setempat.

Tapi, bus ofisial yang seharusnya mengantar, baru datang pukul 08.00. Sementara waktu tempuh hotel ke lokasi latihan danpersiapan sebelum latihan, kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih dua jam.

"Transportasinya terlambat sampai dua jam. Otomatis jadwal latihan jadi terlambat. Kami akhirnya minta panitia untuk reschedule jadwal latihan," kata Eddy Prayitno, manajer tim bulu tangkis Indonesia di SEA Games 2019, dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Kendala ini dikatakan Eddy juga dialami oleh kontingen bulu tangkis dari beberapa negara lainnya. Saat dikonfirmasi kepada panitia, mereka mengaku hal ini terjadi karena seluruh transportasi terkonsentrasi untuk persiapan upacara pembukaan SEA Games 2019.

 

Transportasi Online

Suasana lapangan dan tribun venue bulutangkis SEA Games 2019 di Muntinlupa Sports Center, Manila, Sabtu (23/11). Cabang bulutangkis akan mulai bertanding pada Minggu (1/12). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Bus yang disediakan akhirnya hanya dua untuk enam negara. Kapasitas bus untuk 50 orang, jadi semua atlet numpuk masuk bus. Kami utamakan atlet dulu," ucap Edy.

"Sementara kami para ofisial dari berbagai negara menggunakan transportasi online, pesan sendiri."

"Nggak hanya latihan ini. Kami mau manajer meeting juga pesan taksi dan transportasi online sendiri-sendiri. Dari panitia tidak menyediakan. Dan ini cukup mengganggu mobilitas kami," pungkas Eddy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deretan Cosplayer Cantik Ramaikan Anime Festival Asia

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Cosplay  merupakan

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Cosplay merupakan

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Para penggemar hobi berpakaian seperti 'Gothic Lolitas' dan karakter yang sering terinspirasi anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Para penggemar hobi berpakaian seperti 'Gothic Lolitas' dan karakter yang sering terinspirasi anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Suasana pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Festival ini menarik lebih dari 100.000 pengunjung selama tiga hari. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Suasana pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Festival ini menarik lebih dari 100.000 pengunjung selama tiga hari. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Festival ini menarik lebih dari 100.000 pengunjung selama tiga hari. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Festival ini menarik lebih dari 100.000 pengunjung selama tiga hari. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Cosplay  merupakan

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Cosplay merupakan

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Para penggemar hobi berpakaian seperti 'Gothic Lolitas' dan karakter yang sering terinspirasi anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Seorang cosplayer berpose pada hari pertama Festival Anime Asia di Singapura (29/11/2019). Para penggemar hobi berpakaian seperti 'Gothic Lolitas' dan karakter yang sering terinspirasi anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. (AFP Photo/Roslan Rahman)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agnez Mo Buka Suara Soal Kontroversi Ucapannya Tak Berdarah Indonesia

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Agnez Mo sempat membuat geger masyarakat Indonesia perihal ucapannya saat diwawancara oleh Kevan Kenney di acara Build Series yang tayang di Amerika Serikat.

Lewat potongan video yang tersebar dimedia sosial, Agnez Mo mengatakan kalau dirinya  tidak memiliki darah Indonesia sehingga membuat sebagian masyarakat Indonesia bereaksi.

Melalui chanel YouTube Deddy Corbuzier berjudul AGNEZ MO MENJAWAB INDONESIA - EXCLUSIVE❗KLARIFIKASI, buka-bukaan tentang polemik ucapannya yang menuai pro dan kontra di Tanah Air.

Ditanya Deddy Corbuzier

(Instagram/agnezmo)

Dalam video tersebut, Deddy Corbuzier menanyakan tentang status Agnez Mo apakah ia mengakui warga negara Indonesia atau bukan.

"Nez lo orang Indonesia bukan sih?" tanya Deddy Corbuzier.

Jawaban Agnez Mo

Agnez Mo melontarkan pernyataan kontroversial saat tampil di Build Series pada 22 November 2019. (dok. Youtube Build Series/Dinny Mutiah)

Mendengar pertanyaan Deddy Corbuzier Angez Mo tertawa. Secara gamblang ia menjawab kalau dirinya adalah warga negara Indonesia dan semua orang mengakuinya dari dalam atau luar negeri.

"Kayaknya semua orang tahu saya orang Indonesia, bahkan orang yang di Amerika pun tahu saya orang Indonesia," jawab Agnez Mo tersenyum

Selalu Bilang Ia Orang Indonesia

Agnez Mo (Sumber: KapanLagi.com)

Setiap ada orang yang bertanya tentang kewarganegarannya, Agnez Mo selalu mengatakan bahwa dirinya orang Indonesia. "Ya karena mereka tahu saya orang Indonesia dan saya enggak pernah menutupi itu dan saya selalu memilih untuk memberitahu saya orang Indonesia enggak perlu ditutup-tutupin kalau saya orang Indonesia," jelasnya lagi.

"Saya juga selalu memilih untuk ngomong saya orang Indonesia," bebernya lagi.

Penjelasan Agnez Mo

Gaya rambut Agnez Mo. (dok. Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/BJ8SWcWgwng/Dinny Mutiah)

Saat ditanya perihal ucapannya, Agnez Mo menjelaskannya secara detai mengenai hal tersebut.

"Masalah Indonesian blood itu hanya konteksnya saja. Kontennya saya lagi ngomongin garis keturunan jadi jangan disamain antara garis keturunan biologis, sama warga negara," kata Agnez Mo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asap Rokok Saja Bikin Siapa pun Rentan Kena Kanker Paru-paru

Posted: 29 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Cancer Information & Support Center (CISC), Aryanthi Baramuli Putri SH MH menyebut bahwa kanker paru merupakan penyebab kematian tertinggi akibat kanker. Bahkan, presentasenya lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah kematian karena jenis kanker lainnya seperti kanker prostat, payudara, dan kolorektal.

Menurut dia tingkat survival lima tahunan kanker paru-paru sangat rendah dan tergantung pada stadium ditemukannya kanker.

dr Evelina Suzanna SpPA dari Pusat Kanker Nasional - Rumah Sakit Kanker Dharmais, hal ini terjadi karena belum adanya deteksi dini yang resmi dari lembaga kesehatan manapun untuk kanker paru-paru. Sehingga tingginya angka kematian akibat kanker paru masih tinggi.

"Tidak ada deteksi dini yang resmi dari WHO (World Health Organization) untuk penyakit kanker paru, walaupun Jepang pernah mencoba melakukan CT-scan dan tertangkap itu bukan deteksi dini. Deteksi dini itu sebelum sel kanker ditangkap, nah itu baru deteksi dini," kata Evelina di acara diskusi media Kanker Paru ALK-Positif: Kenali, Periksa, Tangani Bersama belum lama ini.

 

Gejala Kanker Paru-paru

Ilustrasi Kanker Paru Paru (iStockphoto)

Pada awalnya kanker paru memang tidak akan menunjukkan gejala karena yang rusak adalah sel tubuh sendiri, sementara penyakit lain seperti TBC (Tuberkulosis) atau Pneumonia disebabkan karena adanya kuman yang masuk ke dalam tubuh dan pasti akan menunjukkan gejala awal seperti demam, meriang, keringat malam, batuk malam hari, dan merasa tidak nyaman.

"Kalau batuknya TBC batuknya yang berdehem-dehem, batuknya bukan batuk yang seperti bronkitis, pasti ada demam meriang, keringat malam, batuk malam hari, dan merasa tidak nyaman. Nah, teknologi untuk seseorang itu diketahui TBC atau bukan di Indonesia sudah banyak seperti pemeriksaan dengan foto ronsen, tapi tidak dengan kanker paru-paru, belum ada deteksi dini," ujar Eveline.

 

Merokok

Cara terbaik adalah dengan menghindari aktivitas yang memicu keinginan merokok. (Foto: iStockphoto)

Evelina menambahkan bahwa peningkatan angka kematian karena kanker paru-paru juga disebabkan oleh tingkat konsumsi rokok yang masih sangat tinggi, termasuk tren merokok dengan rokok elektronik (vaping).

Menurutnya, paru-paru sangat lembut dan halus bahkan lebih halus dari kornea mata. Namun, kalau paru-paru terus terasapi membuat sifat elastisnya akan hilang.

Kornea dilindungi oleh cairan air mata dan kelopak mata sehingga kita dapat kornea mata tetap bersih dan dapat melihat dengan jernih. Mata akan iritasi oleh asap rokok yang dibuktikan dengan keringnya permukaan kornea dibersihkan dengan adanya air mata yang mengalir banyak yang pada saat mata terkena asap pada kornea.

"Sementara paru-paru yang tidak terlihat dan terasapi oleh 20 batang rokok setiap hari dapat dibayangkan betapa keringnya paru-paru hingga suatu saat seseorang bisa terkena kanker paru. Jadi itu penyebabnya baru dari asap rokok dan belum yang lain seperti polutan dan asap pembakaran yang lainnya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama juga ditegaskan oleh dr. Sita Laksmi Andarini, Ph.D, Sp. P (K) bahwa rokok elektrik (Vaping) berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan dengan memeriksa urine ditemukan bahwa kandungan nikotin dalam rokok elektrik lebih tinggi daripada rokok konvensional. Sehingga lebih baik mencegah kanker paru dengan cara tidak merokok.

Penulis: Winda Nelfira

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Chelsea Vs West Ham United: Kans The Blues

Posted: 29 Nov 2019 07:55 PM PST

Jakarta- Chelsea bakal menghadapi West Ham United di Stamford Bridge dalam lanjutan Premier League 2019-2020 pekan ke-14, Sabtu (30/11/2019). Tuan rumah diprediksi bisa rebut tiga poin di laga ini.

Chelsea menelan kekalahan menyakitkan 1-2 dari Manchester City akhir pekan kemarin. Hasil tersebut membuat posisi mereka melorot ke peringkat empat klasemen sementara.

Akan tetapi, West Ham tengah mengalami periode yang buruk. Sempat menembus lima besar di awal musim, tim berjuluk The Hammers itu terus menelan hasil buruk hingga terjun bebas ke posisi 17.

West Ham United tak pernah menang pada enam pertandingan terakhirnya, termasuk kekalahan 2-3 dari sang rival, Tottenham Hotspur. Sementara itu, Chelsea mampu mengemas dua kemenangan, dua imbang, dan dua kekalahan.

Manajer Chelsea, Frank Lampard masih tak akan bisa memainkan Ross Barkley, Ruben Loftus-Cheek, dan Antonio Rudiger. Kondisi Tammy Abraham dan Callum Hudson-Odoi juga masih diragukan.

West Ham lebih parah. Kiper utama Lukasz Fabianski masih menderita cedera, sama seperti Manuel Lanzini dan Jack Wilshere. Sedangkan Issa Diop harus absen menghadapi Chelsea karena akumulasi kartu.

Statistik Chelsea dan West Ham United

Penyerang Chelsea, Tammy Abraham, mengalami cedera saat bersua Valencia pada laga kelima Grup H Liga Champions, Rabu (28/11/2019) malam waktu setempat. (AFP/Javier Soriano)

Meski kualitas dan posisi di klasemen jauh berbeda, Chelsea kerap kali kesulitan menghadapi West Ham. Dari enam bentrok, The Blues hanya sanggup menang dua kali.

West Ham juga sanggup mencuri dua kemenangan dan dua kali imbang. Skor akhir dari enam laga terakhir juga tak pernah menghasilkan lebih dari dua gol.

5 Pertandingan Terakhir Chelsea

  • 03-11-2019 Watford 1-2 Chelsea (EPL)
  • 06-11-2019 Chelsea 4-4 Ajax (UCL)
  • 09-11-2019 Chelsea 2-0 Palace (EPL)
  • 24-11-2019 City 2-1 Chelsea (EPL)
  • 28-11-2019 Valencia 2-2 Chelsea (UCL)

5 Pertandingan Terakhir West Ham

  • 19-10-2019 Everton 2-0 West Ham (EPL)
  • 26-10-2019 West Ham 1-1 Sheffield (EPL)
  • 02-11-2019 West Ham 2-3 Newcastle (EPL)
  • 09-11-2019 Burnley 3-0 West Ham (EPL)
  • 23-11-2019 West Ham 2-3 Tottenham (EPL)

Prakiraan Susunan Pemain

Penyerang anyar West Ham United, Sebastian Haller, tampil gemilang di 4 laga awal Liga Inggris musim ini (Foto: Premier League)

Chelsea (4-3-3): Kepa; James, Tomori, Zouma, Azpilicueta; Kovacic, Jorginho, Kante; Pulisic, Batshuayi, Willian

Manajer: Frank Lampard

West Ham (4-4-1-1): Jimenez; Cresswell, Balbuena, Ogbonna, Fredericks; Anderson, Rice, Noble, Antonio; Snodgrass; Haller

Manajer: Manuel Pellegrini

Prediksi Bola.com

Chelsea 60-40 West Ham United

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani/Aditya Wicaksono, published 30/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontroversi SEA Games 2019 di Filipina Berlanjut, Fotografer Dilarang Liput Upacara Pembukaan

Posted: 29 Nov 2019 07:53 PM PST

Manila- SEA Games 2019 di Filipina semakin menunjukkan kualitas buruknya. Kali ini, Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC), menerbitkan aturan yang melarang fotografer meliput upacara pembukaan.

Larangan tersebut dikeluarkan oleh PHISGOC atas persetujuan Presiden Rodrigo Duterte. Orang nomor 1 di Filipina itu kabarnya tak ingin melihat terlalu banyak fotografer yang meliput upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019).

"Fotografer dari media lokal dan asing dilarang mengambil gambar selama upacara pembukaan berlangsung di dalam arena. Jika kalian membutuhkan gambar, silakan mengunduh di situs resmi kami," kata Pauline Ick, Direktur Broadcast dan Media SEA Games 2019, Jumat (29/11/2019).

Larangan ini tentu saja sangat menggelikan untuk event sekaliber SEA Games 2019. Jika dibandingkan, event yang lebih besar semisal Olimpiade dan Asian Games tidak pernah mengeluarkan larangan pengambilan gambar oleh fotografer.

Aturan lebih jelas, yakni dengan melakukan pembatasan jumlah media yang diperbolehkan mengirimkan fotografernya. Biasanya, media terpilih mendapatkan kupon buat fotografer yang dilengkapi nomor area pengambilan gambar.

Hal ini tentu saja membuat para fotografer yang telah datang dari luar Filipina untuk meliput SEA Games 2019. Apalagi, event ini tergolong bergengsi buat negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Endo, published 30/11/2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Heroik Pria Penghadang Teroris di Jembatan London Tuai Pujian

Posted: 29 Nov 2019 07:48 PM PST

Liputan6.com, London - Aksi pejalan kaki yang berani menghadang pria pelaku penikaman dengan pisau di Jembatan London menuai pujian. Ia dianggap sebagai pahlawan.

Dua orang tewas setelah seorang penyerang menikam sejumlah orang dalam insiden terkait teror.

Rekaman di media sosial menunjukkan bahwa korban ditodong oleh orang lewat, lalu petugas bersenjata api mengintervensi dan menembaknya hingga mati.

Seorang pria yang turun tangan mengatakan bahwa mereka telah berusaha mengambil pisau dari tangan pria itu.

Dilansir dari BBC, Sabtu (30/11/2019), masyarakat mengungkapkan kekaguman atas keberanian mereka yang terlibat.

George Robarts seorang penyanyi ternama, melalui akun Twitternya menulis bahwa seorang pria terlihat dalam video berjalan menjauhi penyerang yang memegang pisau, lainnya terekam berlari menerobos lalu lintas dan melompati partisi di jalanan untuk membekuk pelaku bersama sejumlah orang.

Robarts melanjutkan: "Kami melarikan diri tetapi sepertinya dia berhasil melucuti penyerang, keberanian luar biasa."

Menanggapi gambar yang sama, pengguna Twitter @jcdiet mengatakan: "Berteriaklah kepada pria pemberani di jembatan London ini yang berhasil melepaskan pisau dari pelaku psikopat."

Respons lain datang dari sebuah akun bernama Tom yang menjawab "apresiasi yang lebih besar untuk orang yang menahannya" merujuk salah satu warga sipil lain yang terlibat, yang terlihat memiting penyerang ke tanah.

Amy Coop yang berada di dalam Fishmongers 'Hall, tempat serangan, juga menulis di akun Twitternya dan memuji seorang pria yang berani menghadapi penyerang.

Seorang pemandu wisata, Stevie Hurst adalah salah satu dari mereka yang membantu menahan penyerang. Dia mengatakan kepada BBC 5 dirinya melihat tersangka ditahan dan menendangnya.

"Kami melihat seorang lelaki diseret ke lantai," katanya, seraya menambahkan bahwa orang-orang "berteriak" penyerang itu telah "menusuk beberapa wanita".

"Semua orang berada di atasnya berusaha melumpuhkannya ke tanah," tambahnya.

"Kami melihat pisau itu masih ada di tangannya ... Saya hanya menginjakkan kaki untuk mencoba dan menendang kepalanya.

"Kami berusaha melakukan apapun yang kami bisa untuk mencoba dan mengambil pisau dari tangannya agar dia tak menyakiti orang lain."

"Orang-orang yang ada di sana benar-benar luar biasa. Pahlawan yang tak diduga-duga."

Pantas Diberi Gelar Ksatria

Aksi heroik pejalan kaki menghadang pelaku teror.(Source: Twitter/@BottMC)

Met Police Commissioner Cressida Dick mengatakan dia ingin "mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu, baik dengan menunjukkan keberanian luar biasa dengan terlibat mengatasi penyerang ini".

Brendan Cox mengatakan: "Saya harap halaman depan besok penuh dengan kisah-kisah para pahlawan yang membantu menghentikan serangan, tidak terpaku pada para pencari perhatian yang melakukan aksi teror."

Demikian pula, Kera Stewart mengatakan daripada melihat wajah penyerang, dia ingin melihat wajah "pejalan kaki yang gagah berani dan heroik yang menjatuhkannya, melucuti senjatanya dan menyelamatkan nyawa manusia."

Harvey Bateman menambahkan: "Dibutuhkan banyak keberanian untuk melakukan hal seperti itu."

Spencer Owen berkata: "Kepada pejalan kaki pemberani yang menahan pria itu dengan pisau di London Bridge sebelum polisi bersenjata sampai di sana, kalian semua adalah pahlawan!"

Pengguna media sosial lainnya menggambarkan mereka yang terlibat sebagai "pahlawan super". Bahkan salah satu orang menyarankan mereka diberi gelar kebangsawanan dan yang lain mengatakan bahwa pemerintah harus membayar tagihan tempat tinggal mereka.

Dipuji Pemerintah

Aksi Teror di Jembatan London. (Source: Twitter/ @jcdiet)

Wali kota London Sadiq Khan dan Perdana Menteri Boris Johnson, keduanya mengucapkan terima kasih kepada para pahlawan.

Johnson memuji layanan darurat dan mengatakan anggota masyarakat "yang secara fisik campur tangan untuk melindungi kehidupan orang lain" menunjukkan "keberanian luar biasa".

"Bagi saya, mereka mewakili yang terbaik dari negara kami dan saya berterima kasih kepada mereka atas nama semua negara," katanya.

Sementara Khan mengatakan orang-orang yang menghadapi penyerang "mempertaruhkan keselamatan mereka sendiri".

"Mereka adalah yang terbaik dari kita," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di SEA Games 2019, Jadwal Siaran Langsung Televisi

Posted: 29 Nov 2019 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 belum terkalahkan pada cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019 Grup B. Kamis (28/11), pasukan Indra Sjafri ini mengalahkan Singapura 2-0 lewat gol Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam, Rabu (27/11/2019) lalu.

Ini merupakan kemenangan kedua ditoreh Timnas Indonesia U-22. Sebelumnya, Selasa (26/11), Tim Garuda Muda juga menang atas tim kuat Thailand dengan skor yang sama.

Di laga ketiga Grup B, giliran Vietnam yang akan jadi lawan Egy Maulana Vikri dan kolega. Jelas, mereka bukan lawan mudah, bahkan bisa dibilang yang terkuat di Grup B.

Buktinya, di dua laga awal, Vietnam sukses menang besar saat menghajar Brunei Darusalam (6-0) dan Laos (6-1).

Namun begitu, peluang Timnas Indonesia U-22 tetap terbuka. Jika bisa mempertahankan performa terbaik, bukan tak mungkin kemenangan ada di tangan sekaligus mengamankan tiket ke semifinal.

Berikut jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam yang akan disiarkan langsung oleh TVRI dan RCTI.

Jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam

Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan kemenangan atas Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

1 Desember 2019

19.00 WIB, Vietnam vs Indonesia

Stadion Rizal Memorial

Live TVRI/RCTI

Klasemen Grup B

Sea Games 2019 - Klasemen Sepak Bola - Matchday 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Jadwal Pertandingan Indonesia Lainnya

3 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam (Stadion Binan), RCTI dan TVRI

5 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Laos (Stadion Rizal Memorial), RCTI dan TVRI

Saksikan Video Timnas Indonesia U-22 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud Minta Kepala Sekolah dan Pengawas Jadi Pemimpin yang Melayani

Posted: 29 Nov 2019 07:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, mengajak kepala sekolah dan pengawas sekolah menerapkan paradigma kepemimpinan yang melayani. Ia menyebut kepala dan pengawas sekolah memiliki peran penting meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan mengembangkan potensi peserta didik yang berkarakter.

"Saya ingin mengajak mengubah paradigma kepemimpinan yang tadinya itu sebagai penguasa atau pengendali atau regulator, menjadi paradigma kepemimpinan yang melayani," pesan Mendikbud pada Simposium Internasional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Setiap melakukan interaksi, kata Mendikbud, ia mengingatkan bahwa tugas pemimpin adalah membantu bawahan dalam mengerjakan tugas .

"Kita sebagai pimpinan, harus membantu bawahan kita. Ini mungkin perubahan dasar yang terpenting. Setiap kali kita berinteraksi, pertanyaan pertama adalah apakah saya telah membantu bawahan dalam mengerjakan tugasnya," imbuhnya.

Simposium Internasional yang diselenggarakan oleh Ditjen GTK Kemendikbud sebagai rangkaian dari peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019, berlangsung pada 27 s.d. 30 November 2019, mengangkat tema "Innovative School Leadership to Improve Student Learning and Wellbeing".

Dalam simposium ini, selain menghadirkan narasumber praktisi dan akademisi dalam negeri juga menghadirkan narasumber dari Australia dan Filipina. Di samping itu, turut berbagi praktik baik para kepala sekolah dan pengawas sekolah berprestasi tingkat nasional yang dapat menjadi inspirasi bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah lainnya.

"Untuk mencetak generasi berikut kita yang inovatif, kreatif, dan penuh dengan religius, moralitas, dan berkarakter, organisasi sekolah harus bekerja dengan cara kreatif inovatif dan dengan karakter integritas," terang Mendikbud.

 

Saling Memberi Masukan

Mendikbud juga menyampaikan pentingnya saling memberikan masukan antarguru, kepala sekolah, dan pengawas untuk perbaikan proses pembelajaran.

"Yang terpenting adalah antara guru, antara kepala sekolah, antara pengawas untuk berkumpul dan bercerita mengenai pengalamannya, bertukar pikiran, berdebat, dan menggali informasi dari sesama pelaku pendidik," terang Mendikbud.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Cantik 6 Anak Musisi Ini Bikin Kagum, Memesona dan Berprestasi

Posted: 29 Nov 2019 07:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak musisi berbakat di Indonesia. Mulai dari penyanyi solo hingga musisi yang tergabung dalam band. Selain membuat belantika musik Tanah Air semakin berwarna, kehidupan pribadi para musisi juga tak luput dari sorotan.  

Bukan hanya soal pekerjaan namun juga kehidupan keluarga. Tak seperti artis kebanyakan, para musisi ini cenderung tak terlalu mengekspos kehidupan keluarganya terutama anak-anak mereka. 

Meski demikian, anak para musisi ini punya paras cantik dan tak sedikit yang memiliki bakat yang sama dari orang tuanya. Beberapa justru mencuat dengan usahanya sendiri dalam bermusik. 

Penasaran siapa saja anak para musisi yang memiliki paras cantik dan juga punya bakat seperti orang tuanya? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 potret anak musisi tersebut, Sabtu (30/11/2019). 

1. Aishameglio Duta Chaira

Deretan potret cantik anak para musisi, ada yang jarang tersorot hingga ikuti jejak orang tua. (Sumber: Instagram/@shadjo04)

Akhdiyat Duta Modjo atau yang akrab disapa Duta menikah dengan Adelia Lontoh dan memiliki dua orang anak. Tidak seperti anak selebriti lainnya, buah hati Duta Sheila On 7 memang jarang terekspos. Sosok putri sulungnya ternyata berhasil mencuri perhatian publik.

Aishameglio Duta Chiara, gadis kelahiran 30 Agustus 2004 ini memiliki paras cantik. Aishameglio juga memiliki bakat menyanyi seperti sang ayah. Tak hanya di bidang musik, gadis 15 tahun ini juga punya bakat menggambar. 

2. Naja Dewi Maulana

Deretan potret cantik anak para musisi, ada yang jarang tersorot hingga ikuti jejak orang tua. (Sumber: Instagram/@naja.dewi)

Armand Maulana dan Dewi Gita menikah ketika Armand sudah berkarier di dunia musik, tepatnya pada 1994. Setelah tujuh tahun menanti buah hati, pasangan Armand dan Dewi dikaruniai putri bernama Naja Dewi Maulana pada 2001. 

Naja putri tunggal Armand Maulana dan Dewi Gita ini kini sudah tumbuh remaja. Lahir dari keluarga musisi, Naja juga memiliki suara yang merdu. Penampilannya banyak menuai pujian dari netizen sura dan paras cantiknya. Tak heran jika kini Naja Dewi mulai banyak penggemar. Selain bersuara emas, Naja aktif dengan kegiatan internasional seperti pertukaran pelajar. 

3. Kyara Wahab

Deretan potret cantik anak para musisi, ada yang jarang tersorot hingga ikuti jejak orang tua. (Sumber: Instagram/@ariyowahab)

Penggemar musik tahun 90-an pasti tidak asing dengan sosok Aryo Wahab. Di balik penampilan sangar personil The Dance Company ini ia memiliki tiga putri cantik. Salah satu yang mencuri perhatian publik adalah sosok Kyara Wahab.

Putrinya, Kyara Wahab, saat ini telah berusia 17 tahun. Tumbuh menjadi remaja cantik, Kyra Wahab termasuk dalam anak musisi yang jarang tersorot publik. 

4. Stephanie Poetri Dougherty

Deretan potret cantik anak para musisi, ada yang jarang tersorot hingga ikuti jejak orang tua. (Sumber: Instagram/@stephaniepoetri)

Kini siap ayang tak kenal dengan Stephanie Poetri Dougherty, putri dari diva Indonesia, Titi DJ. Stephanie Poetri mewarisi bakat ibunya dalam bermusik dan bernyanyi. Ia bahkan telah terkenal sebagai penyanyi dan kerap muncul di beberapa acara. Selain memiliki bakat menyanyi, Stepahine juga mencuri perhatian karena parasnya yang cantik.

Lagu yang membuat namanya kian bersinar yaitu I LOVE YOU 3000. Bahkan kini Stephanie telah bergabung ke dalam label Amerika yaitu 88rising bersama Niki dan Rich Brian. 

5. Audrey Davis

Deretan potret cantik anak para musisi, ada yang jarang tersorot hingga ikuti jejak orang tua. (Sumber: Instagram/@audrey.davis)

David Bayu alias David Naif juga punya seorang gadis cantik yang sudah beranjak dewasa. David Naif menikah dengan Shilla Delila pada 29 Desember 1999 silam. Dari pernikahan tersebut, David dikaruniai 2 orang anak bernama Audrey Davis dan Jason Davis Mahadhipa Neswara. 

Anak sulungnya bernama Audrey Davis, kini sudah berusia 19 tahun dan potretnya semakin memesona. Sosok Audrey pernah menyorot perhatian para penggemar David di media sosial. Audrey juga berbakat dalam bermusik dan kerap mengunggah potretnya saat sedang bermain keyboard.

6. Mezzaluna D'Azzuri

Deretan potret cantik anak para musisi, ada yang jarang tersorot hingga ikuti jejak orang tua.  (Sumber: Instagram/@bimbimslank)

Nama Bimo Setiawan Almachzumi atau yang akrab disapa Bimbim Slank tentunya sudah tidak asing di telinga pecinta musik Tanah Air. Pada 1999, Bimbim Slank menikahi wanita bernama Reny Setiawati. Dari ketiga anak Bimbim, rupanya ada satu yang mencuri perhatian publik, yakni putri sulungnya yang bernama Mezzaluna D'Azzuri.

Mezzaluna kini beranjak dewasa, usianya sudah 18 tahun. Tak hanya cantik, Una juga memerhatikan setiap penampilannya. Ia terlihat stylish dengan berbagai busana serta rambut panjang yang terurai. Bahkan ia kerap tampil dengan gaya yang swag. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HNW Memotivasi KAMMI Menjadi Muslim yang Utuh dan Peduli Pada Bangsa

Posted: 29 Nov 2019 07:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di hadapan aktivis Kesatuan Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang datang dari berbagai daerah, Wakil Ketua MPR Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan keteladanan Nabi Muhammad SAW.

"Banyak hal yang bisa kita pelajari dari Nabi Muhammad saw," ujar HNW, di Jakarta, 28 November 2019.

Dikatakannya bahwa Nabi Muhammad SAW benar-benar sosok pribadi yang dapat dipercaya. Karena itulah Beliau hingga digelari "Al-amin".

Sepanjang mada kehidupannya, Nabi Muhammad SAW tidak hanya menyampaikan masalah keakhiratan melainkan juga masalah keduniaan secara komprehensif.

Pada masa itu, masyarakat di Arab juga sangat plural, ada berbagai golongan dan agama yang hidup di sana. Namun, menurut Wakil Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor itu, Nabi Muhammad SAW mampu menata kehidupan dengan mengadakan perjanjian untuk hidup bersama dengan prinsip saling menghormati, menghargai, dan memegang teguh pada hukum. Naskah Perjanjian tersebut dikenal dengan sebutan Piagam Madinah.

Memadukan masalah akhirat dan dunia, menurut HNW juga dilanjutkan oleh para ulama pejuang Indonesia. Mereka berasal dari berbagai ormas seperti NU, Muhammadiyah, Persis, serta organisasi lainnya.

"Mereka bergerak dalam berbagai bidang seperti pendidikan, politik, hukum, ekonomi, dan lain sebagainya", tutur HNW dalam acara Pendidikan Kepemimpinan KAMMI yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Jakarta tsb.

Dalam kiprahnya, para ulama pejuang tidak hanya memahami Islam secara kaffah namun juga menguasai masalah Keindonesiaan, sehingga kontribusi kepada ummat dan negara sangat monumental. Dicontohkannnya, bangsa ini pernah berjalan tidak sesuai dengan cita-cita UUD Negara RI Tahun 1945. UUD mengamanatkan bangsa Indonesia harus berbentuk NKRI namun sebab tekanan Belanda yang ingin memecah kembali negeri ini maka negara ini berbentuk Republik Indonesia Serikat (RIS).

Hal demikian disadari oleh ulama sekaligus politisi Muslim, Mr. Mohammad Natsir. Untuk mengembalikan arah perjalanan sesuai dengan cita-cita konstitusi maka Natsir mengeluarkan Mosi Integral pada tahun 1950.

"Natsir ingin Indonesia kembali berbentuk NKRI", ujar pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu.

Mosi didukung oleh seluruh kekuatan politik yang ada sehingga Indonesia kembali ke bentuk NKRI, bukan lagi sebagai negara serikat. Tidak hanya itu, berkat kepedulian para ulama NU, Indonesia juga mampu mempertahankan kemerdekaan. Dengan Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh para ulama pada tahun 1945 membuat keinginan Inggris dan Belanda yang ingin menduduki Indonesia lewat Surabaya juga berhasil digagalkan.

Kepedulian pada negara serta memahamai Islam secara kaffah yang demikianlah yang menurut HNW perlu diteladani oleh KAMMI yang sering mengumandankan slogan Muslim Negarawan. Untuk itu dirinya mendorong agar anggota KAMMI memaksimalkan potensi yang ada agar mampu menguasai agama secara utuh dan peduli pada bangsa dan negara.

"Tingkatkan intelektualitas kalian", tegasnya.

Dengan menguasai ilmu maka akan mampu menguasai masalah-masalah dengan baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-22 Lawan Kuat, Vietnam Gelar Latihan Tertutup

Posted: 29 Nov 2019 07:35 PM PST

Manila- Timnas Indonesia U-22 bakal menjadi ujian berat bagi Vietnam pada lanjutan penyisihan grup B cabor sepak bola SEA Games 2019. Untuk itu, Vietnam tak mau strategi mereka bocor dan pelatih Park Hang-Seo pun menggelar latihan tertutup.

Informasi rencana Vietnam bakal menggelar latihan tertutup didapat dari jurnalis lokal, Le Bao Ngoc. Menurut pria yang bekerja di Zing.vn itu Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) melarang jurnalis lokal maupun asing untuk meliput sesi latihan yang bakal digelar di Stadion Rizal Memorial itu.

"Besok (hari ini) Timnas Vietnam U-22 akan menggelar sesi latihan tertutup. Informasi itu didapat dari perwakilan VFF," kata Ngoc kepada Bola.com, Jumat (30/11/2019).

"Dia berkata kepada saya, Vietnam U-22 bakal berlatih di Stadion Rizal Memorial, akan tetapi tidak menyebutkan waktu latihannya," ujar Ngoc.

Situasi ini berbeda dengan yang dilakukan Timnas Indonesia U-22. Pelatih Indra Sjafri mempersilakan jurnalis untuk meliput sesi latihan Egy Maulana Vikri dkk di Stadion Rizal Memorial yang dimulai pada pukul 17.00 waktu setempat.

Laga melawan Timnas Indonesia U-22 bakal krusial buat Vietnam karena keduanya hanya dipisahkan selisih gol. Pemenang dalam laga ini kemungkinan besar bakal mendapatkan tiket lolos ke semifinal SEA Games 2019.

Vietnam Mewaspadai Osvaldo Haay

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, bersitegang dengan pemain Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bek Vietnam, Nguyen Thanh Chung mengantongi satu pemain Timnas Indonesia U-22 paling berbahaya. Pemain yang dimaksud adalah striker Osvaldo Haay.

"Saya tertarik kepada pemain bernomor punggung 20 (Osvaldo Haay)," kata Thanh Chung.

"Pada Kualifikasi Piala Asia 2020, saya belum sempat berhadapan dengannya. Buat saya, dia memiliki kecepatan yang bagus," tambah Thanh Chung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukabumi Siap Lindungi Lahan Pertanian dengan Semua Peraturan dan Regulasi

Posted: 29 Nov 2019 07:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Sukabumi menjadikan pertanian sebagai sektor yang tidak kalah penting jika dibandingkan dengan sektor industri dan sektor-sektor lainnya. Karena pertanian adalah penunjang utama lahan pangan masyarakat, Sukabumi siap Implementasikan segala bentuk peraturan terkait pencegahan alih fungsi pertanian.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, lahan pangan kini semakin banyak tergerus oleh pembangunan di berbagai daerah. Naik itu dijadikan area industri, area pariwisata buatan hingga perumahan.

"Kemajuan pembangunan itu perlahan menyulap lahan-lahan pertanian menjadi pabrik, pemukiman dan lain-lain. Sehingga dibutuhkan peraturan untuk melindunginya dan daerah harus tegas melaksanakannya," kata Sarwo Edhy, Jumat (29/11).

Kementan mengapresiasi langkah Kabupaten Sukabumi yang telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) untuk mendukung Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

"Sebab kuncinya memang ada di daerah masing-masing. Bila daerah tidak peduli dengan hal ini, maka berarti daerah tersebut tidak peduli dengan masa depan pangan masyarakatnya," ujar Sarwo Edhy.

Pada bulan September 2019 kemarin, lanjut Sarwo Edhy, Pemerintah Pusat sudah menerbitkan Perpres 59 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Lahan Sawah. Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah Pusat sangat konsen terhadap sektor pertanian khususnya pangan.

"Dengan Perpres ini, pemerintah benar-benar ingin mempertahankan lahan sawah yang ada, jangan sampai terus berkurang. Kalau bisa harus semakin bertambah," cetus Sarwo Edhy.

Kasi pengelolaan lahan dan air Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Gilar M Akmal mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya dalam perlindungan-perlindungan lahan pertanian. Terutama lahan sawah dengan menerbitkan beberapa regulasi.

"Di antaranya Perda No 8 Tahun 2014 tentang Penetapan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Perbup No 21 Tahun 2017 Tentang Alih Fungsi Lahan sawah," sebut Gilar.

Gilar mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga siap mensosialisasikan Perpres 59 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Lahan Sawah dan UU No 41 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

"Tahun 2020 kami akan mensosialisasikan Perpres dan UU tersebut kepada setiap Lecamatan dan Desa. Nanti kami akan breakdown ke setiap Kecamatan dan desa-desa, lahan mana saja yang harus dilindungi," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: