Senin, 25 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Program OPOP Jatim, Ajang Unjuk Gigi Produk Pesantren

Posted: 25 Nov 2019 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Program One Pesantren One Product (OPOP) Jawa Timur memamerkan produk-produk karya pesantren di wilayah setempat sekaligus memperkenalkannya ke masyarakat.

"Pesantren di Jatim juga memiliki produk-produk yang harus diketahui secara luas," ujar Sekretaris Program OPOP Jatim Mohammad Ghofirin usai bertemu Sekdaprov Jawa Timur Heru Tjahjono di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Surabaya, Senin, 25 November 2019.

Penyelenggaraan pameran yang dikemas pada "OPOP Expo" digelar pada 28-30 November 2019 di JX International Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Sebanyak 45 stan disiapkan, yang 30 stan di antaranya khusus untuk produk dari pesantren, sedangkan stan sisanya untuk memperkenalkan UMKM binaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur beserta produk lainnya, dilansir dari Antara.

Menurut ia, jumlah stan tidak banyak karena program OPOP dikenalkan communal branding, sehingga pesantren yang memiliki produk sama akan dijadikan satu tempat.

"Jika ada lima pesantren sama produk air minum dalam kemasan (AMDK), maka disiapkan satu stan dan bisa dijadikan sentra AMDK," ucapnya.

Sejumlah ekspo ini produk pesantren yang sudah daftar di antaranya produk makanan, kerajinan tangan, informasi teknologi hingga fashion.

Sementara itu, OPOP Jatim menargetkan pada 2023 produk pesantren mencapai 250 produk, kemudian 2019 terdapat 100 produk dan tahun 2020 sudah mencapai 150 produk.

Ia mengatakan, jumlah pesantren dan jumlah produk tidak sesuai karena OPOP serius menghasilkan produk unggul secara kualitas.

"Kami tahu pesantren menghasilkan produk yang belum tentu sertifikasinya lengkap. Pak Sekdaprov berpesan bahwa produk pesantren harus unggul secara kualitas dan sertifikasinya lengkap, halal, paten merk, SNI, izin edar dan sebagainya," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Tokoh Penting yang Ditemui Jokowi di Korea Selatan

Posted: 25 Nov 2019 10:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi di dampingi Ibu Negara Iriana melakukan lawatan ke Busan, Korea Selatan, Sabtu, 23 November 2019.

Tujuan utama Presiden Jokowi pergi ke Negeri Ginseng untuk menghadiri rangkaian Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-RoK Summit ke-30. Sekaligus memperingati 30 tahun kemitraan ASEAN dengan Korsel. 

Dilepas oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin, Jokowi lepas landas bersama rombongan dari Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sekitar pukul 12.19 WIB.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang turut serta dalam perjalanan ke Korea Selatan mengatakan, dalam KTT ini Jokowi akan membahas kerjasama ASEAN-RoK untuk 30 tahun mendatang, termasuk kerjasama konektivitas dan upaya menjaga stabilitas kawasan

Sebelum mengikuti KTT, Jokowi sempat menemui beberapa tokoh-tokoh yang berada di Korea Selatan. Salah satu tokoh penting yang ditemui Joko Widodo adalah orang nomor satu di Korea Selatan, Presiden Moon Jae-in.

Berikut sederet tokoh-tokoh hebat lainnya yang ditemui Jokowi di Negeri Ginseng? 

Bertemu Orang Nomor Satu di Korea Selatan, Moon Jae-in

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Hotel Westin, Senin (25/11/2019). (Foto: Biro Pers Setpres)

Pertemuan Bilateral antara Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dilakukan di Hotel Westin Busan, Senin, 25 November 2019. Dua sahabat akrab ini, memulai pertemuan dengan canda tawa ketika mantan gubernur DKI Jakarta ini menyapa Moon Jae-in dengan sebutan kakak.

"Terima kasih kakak saya yang mulia Presiden Moon Jae-In, terima kasih atas sambutan yang hangat," ucap Jokowi.

Salah satu pembahasan, yang dibahas dalam pertemuan bilateral ini adalah pentingnya perlindungan terhadapa anak buah kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal panjang.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas diselematkannya enam orang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai ABK di kapal yang tenggelam di wilayah Seogipo, Jeju.

"Enam orang WNI tersebut selamat dan saat ini sedang menjalani perawatan kesehatan. Terima kasih atas upaya penyelamatan yang dilakukan otoritas Korea," ujar Jokowi kepada Moon Jae-in di Hotel Westin, Busan, Senin, 25 November 2019.

Presiden Moon pun menegaskan komitmennya untuk memberikan perlindungan terhadap para ABK Indonesia. Kepada Jokowi, dia memastikan bahwa pemerintah Korea Selatan selalu mengutamakan keselamatan.

"Kami berupaya agar ABK dapat bekerja dengan baik," ucapnya.

"Sekali lagi saya mohon agar Presiden Moon dapat memberikan perhatian terhadap sistem perlindungan ABK Indonesia ini," sambung Jokowi.

Di akhir pertemuan, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia mendukung posisi Korea sebagai Ketua MIKTA pada tahun 2020. Dia berharap agar kerja sama MIKTA dapat diintensifkan sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Saya harap Korea tetap menjadikan ekonomi kreatif sebagai prioritas MIKTA tahun 2020," kata Jokowi.

Pertemuan tersebut menghasilkan tiga nota kesepahaman yaitu deklarasi bersama pada penyelesaian akhir negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Korea, Perjanjian Bebas Visa Bagi Pemegang paspor Diplomatik dan Dinas RI-Republik Korea, dan Kerja Sama Teknik Terkait Pemindahan dan Pengembangan Ibu Kota.

Bertemu 10 CEO Perusahaan Kelas Kakap

Jokowi menggelar pertemuan dengan 10 pemilik dan CEO perusahaan kakap Korea Selatan, Senin (25/11/2019). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Tokoh penting lainnya yang ditemui Jokowi adalah 10 pemilik dan CEO perusahaan kakap di Korea Selatan. Pertemuan yang dilangsungkan, Senin, 25 November kemarin bertujuan menggaet para investor dari perusahaan tersebut masuk ke Indonesia. 

Pertemuan dalam bentuk working lunch di Hotel Lotte Busan Korea Selatan digelar pada pukul 12.00 waktu setempat.

Adapun CEO 10 perusahaan besar yang bertemu Jokowi antara lain, President and CEO GS Global Kim Tae-Hyung, CEO LG International Yoon Chun Sang, President dan CEO DSME Lee Sung Geun, President Posco Chang In-Hwa. 

Kemudian, Chairman CJ Group Sohn Kyung-Shik, Chairman and President KAXIM Bang Moon Kyu, Vice Chairman dan CEO Lotte Corp Hwang Kag Gyu, Vice Chairman dan CTO Doosan Group Lee Hyun-Soon, Vice Chairman dan CEO Hankook Tire and Technology Cho Hyun Shick, dan President and CEO SK E&C Ahn Jaehyun. 

Sementara itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonimian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, hingga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. 

Airlangga menyatakan bahwa Korea Selatan merupakan sumber investasi bagi Indonesia. Menurut dia, Indonesia pun sangat konsen untuk terus meningkatkan hubungan dengan Korea Selatan agar iklim investasi terjaga dengan baik. 

"Kami menyampaikan terima kasih pada perusahaan-perusahaan Korea yang berencana menanamkan investasi di Indonesia," kata Airlangga membuka pertemuan. 

Dalam pertemuannya, Jokowi berjanji akan mempermudah izin Investasi di Indonesia. Upaya ini dilakukan mengingat populasi kaum kelas menengah RI akan naik dua kali lipat di 2020, dari 70 juta menjadi 141 juta penduduk yang semakin kaya.

 "Tahun ini segera kita akan melakukan yang namanya omnibus law, memangkas kira2 70-74 undang-undang secara bersamaan," kata Jokowi.

"Dengan omnibus law ini, kita harapkan nanti semua peraturan-peraturan yang menghambat penciptaan lapangan kerja, yang menghambat investasi akan kita sederhanakan," sambung dia.

Menurut Jokowi, cara ini akan memudahkan proses perizinanan investasi di Indonesia tak lagi ruwet. Terlebih, pemerintah juga akan memangkas eselon 3 dan eselon 4 di birokrasi.

Tak hanya itu, di saat banyak negara mengalami ketidakpuasan, stabilitas politik di Indonesia bisa cukup terjaga. Kepada para investor perusahaan kelas kakap, Jokowi menyebut bahwa Indonesia menjadi koordinator bagi perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

"Indonesia telah menyelesaikan negoisasi Indonesia-Korea CEPA," ucap dia.

Untuk tu, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk membuat iklim investasi yang semakin menarik dalam lima tahun ke depan. Hal ini didukung oleh penyederhanaan birokrasi. 

Bertemu Ilmuan Asal Indonesia

Jokowi bertemu dengan para ilmuwan dan peneliti dari Indonesia yang berada di Korea Selatan. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi Bertemu dengan para ilmuan asal Indonesia di Korea Selatan. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, terdapat 22 peneliti yang ikut bertemu Jokowi.

Dalam pertemuan itu, para ilmuwan turut menyampaikan gagasan-gagasan terkait riset dan inovasi kepada Jokowi. Gagasan itu dirumuskan dalam judul "Korea Selatan sebagai Inspirasi Percepatan Kemajuan Riset dan Inovasi di Indonesia" dan "Strategi Riset dan Inovasi Menuju Indonesia Emas 2045". 

Gregorius Rionugroho Harvianto, salah seorang ilmuwan yang hadir mengatakan, gagasan itu bersumber dari pengalaman dia dan rekan-rekannya selama menjalani riset di Korea Selatan.

Ada tiga gagasan yang disampaikannya di hadapan Jokowi, pertama usulan pembentukan Universitas Riset Indonesia. Rio menyebut, terdapat University of Science & Technology (UST) di Korea Selatan, yang berfokus merekrut lulusan S1 untuk kemudian ditempatkan di lembaga-lembaga riset. 

"Indonesia butuh Universitas Riset Indonesia, karena kita butuh menambah jumlah peneliti Indonesia dalam waktu relatif singkat. Dana Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) cukup besar, justru lebih baik dananya diputar di dalam negeri, untuk riset di dalam negerinya dibandingkan ke luar negeri," ujar Rio.

Kedua, kata Rio, percepatan riset dan inovasi di industri, bukan hanya di lingkungan kampus. Ketiga, dia mengusulkan revolusi konsep triple helix untuk sumber daya manusia (SDM)) Indonesia yang unggul.

Selain itu, Jokowi meminta para peneliti dan ilmuwan Indonesia di Korea Selatan tak lupa untuk pulang dan membangun Tanah Air. Dia mempersilakan apabila para peneliti dan ilmuwan tersebut ingin mengembangkan diri terlebih dahulu di Korea Selatan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat bertemu dengan para ilmuwan dan peneliti Indonesia di Busan, Senin, 25 November 2019.

"Sekarang di sini dulu enggak apa-apa, melihat, mengamati kemudian pada titik tertentu memang semuanya nanti harus pulang kembali membangun negara kita," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta menyampaikan bahwa saat ini Indonesia akan menuju B30, yang diyakini dapat mengurangi impor minyak dan ketergantungan pada pasar ekspor dalam negeri. Kepada para peneliti, Jokowi yakin Indonesia akan menjadi empat negara besar dengan ekonomi terkuat di dunia.

"Sudah kita hitung bahwa Indonesia emas 2045 betul-betul kita masuk ke negara 4 besar ekonomi terkuat di dunia. Saya meyakini itu akan Insya Allah akan sampe pada titik itu," tegasnya.

Untuk mencapai hal itu, kata Jokowi, diperlukan stabilitas politik dan stabilitas keamanan di Indonesia. Kendati begitu, dia mengakui, hal itu adalah pekerjaan dan tantangan besar bagi bangsa Indonesia.

"Kalau stabilitas politik, stabilitas keamanan ada seperti itu (tak terganggu) terus Insya Allah hitung-hitungan itu tidak akan meleset, karena yang ngitung bukan saya pribadi," ucap dia.

Jokowi juga menyebut bahwa Indonesia patut bersyukur dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5 persen di kuartal III-2019. Menurut dia, apabila angka itu dapat dipertahankan, Indonesia Maju 2045 bukan hanya sekadar impian belaka.

"Kalau angka itu terus bisa kita pertahankan, kepercayaan negara lain bisa bener-bener, kalkulasi kita, trust kita, itulah yang kita tunggu-tunggu sebetulnya hingga arus mudah mengalir, arus FDI juga mudah mengalir. Itulah nanti yang kita harapkan bisa mempercepat bukan 2045, tapi bisa maju lebih dekat lagi," jelas Jokowi.

 

Rizki Putra Aslendra )

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Bakal Rombak Direksi PLN

Posted: 25 Nov 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana akan merombak jajaran Direksi dan komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Perombakan itu, nantinya akan dilakukan setelah dirinya pulang kunjungan kerja dari Korea Selatan.

"Kan tunggu Pak Erick turun dari Korea, sepertinya masih ada jadwa lagi jadi mungkin 29 (November) balik. Kita liat dulu," kata Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Arya Sinulingga saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (26/11).

Meski begitu, Arya belum mengetahui nama-nama yang akan dirombak. Sebab, keputusan itu nantinya akan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN.

Kendati demikian, Arya enggan merinci siapa-siapa saja yang akan dirombak. Hal tersebut masih menunggu Menteri Erick pulang ke tanah air untuk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham PLN.

"Kita liat dulu, suratnya belum kita ketahui. tapi kan PLN bukan perusahaan tbk jadi engga, sulit kita lakukan kapanpun RUPS, engga susah," ucap dia.

 

Masih Kosong

Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Untuk diketahui, saat ini Direktur Utama PLN masih kosong semenjak ditinggalkan Sofyan Basir. Saat ini, masih dijabat oleh pelaksana tugas dan belum dipegang oleh pihak sefinitif.

Sebelumnya, Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga turut berkomentar mengenai kabar penunjukan mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Menurutnya, hingga saat ini belum ada surat keputusan yang diberikan pihak Istana kepada Kementerian BUMN.

"Kami belum dapat (suratnya) dari Istana. Biasanya yang menerima Pak Erick Thohir. Dia lagi di luar negeri pulangnya tanggal 29. Jadi tunggu sampai pak menteri hadir di sini," katanya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (25/11).

Arya mengatakan sekali pun telah menerima surat putusan dari Istana, namun hanya Menteri BUMN yang berhak membuka isi surat tersebut. Untuk itu, dirinya meminta para awak media untuk bersabar menunggu keputusan langsung dari Menteri BUMN.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Rudiantara Ditunjuk Jadi Dirut PLN

Menkominfo Rudiantara di Seminar Konsolidasi untuk Sehatkan Industri Telekomunikasi. Dok: Indonesia Technology Forum

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Mudah-mudahan segera dilantik, yang jelas saya sudah tanda tangan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung dikutip dari Antara, Senin (25/11/2019). 

Pramono menyampaikan hal tersebut saat ditanya wartawan mengenai hasil Tim Penilai Akhir (TPA) untuk Rudiantara.

"Mudah-mudahan segera dilantik, ini banyak perubahanlah di BUMN," tambah Pramono.

Rudiantara adalah Menkominfo periode 2014-2019. Sebelum menjadi Menkominfo, Rudiantara pernah menjadi Wakil Dirut PT PLN pada 2008-2009 lalu.

Selama di PLN, ia terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt. Setelahnya, ia mengundurkan diri.

"(TPA) sudah selesai. Bolanya di Menteri BUMN," tambah Pramono.

Pramono mengakui bahwa Presiden Joko Widodo sedang berkonsentrasi untuk memperbaiki kondisi perekonomian.

"Salah satu yang ingin segera diselesaikan adalah BUMN karena di BUMN ini banyak BUMN besar yang memang perlu segera dilakukan pembenahan di antaranya yang sekarang sudah dilakukan Pertamina. Sebentar lagi PLN, kemudian Inalum, kemudian perbankan Mandiri, BTN dan beberapa bank lain," ungkap Pramono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Targetkan Omnibus Law Perpajakan Rampung Awal 2020

Posted: 25 Nov 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan omnibus law perpajakan rampung pada awal 2020. Saat ini draft omnibus law masih dalam tahap pembahasan di pemerintah dan akan dilanjutkan kepada parlemen.

"Yang benar-benar baru saja hampir final dalam hal konsep, itu adalah perpajakan, yang kami harap dapat diajukan segera setelah kami menyelesaikan harmonisasi yang akan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan," ujar Sri Mulyani saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (26/11).

Sri Mulyani mengatakan, proses harmonisasi aturan dalam omnibus law memakan waktu beberapa bulan. Sebab, omnibus law mengakomodir kepentingan lintas kementerian dengan Kemenkumham sebagai pemangku kepentingan utama dari proses harmonisasi aturan.

Selain omnibus law bidang perpajakan, pembahasan omnibus law cipta lapangan kerja kemungkinan besar akan lebih cepat rampung. Omnibus law cipta lapangan kerja bisa dirampungkan oleh pemerintah pada akhir tahun ini.

"Untuk finalisasi omnibus law (cipta lapangan kerja) diharapkan selesai pada akhir tahun ini dan itu di bawah koordinasi Kantor Kemenko Perekonomian," jelas Sri Mulyani.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Omnibus Law jadi Kunci Indonesia jadi Negara Maju

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi Gamcheon Village yang berada di Busan Korea Selatan, Minggu (24/11/2019). (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Sebelumnya, sudah dua kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya melaksanakan omnibus law sebagai kunci Indonesia maju. Pertama saat Jokowi pidato sumpah jabatan pada sidang MPR beberapa waktu lalu, kemudian yang kedua usai melantik para menteri yang duduk di Kabinet Indonesia Maju.

Pakar Hukum Tata Negara Dr. Fahri Bachmid,S.H.,M.H. menuturkan, dalam dunia ilmu hukum konsep omnibus law atau omnibus bill merupakan suatu konsep produk hukum (bill) sapu jagat yang berfungsi untuk mengkonsolidir berbagai tema, materi, subjek dan peraturan perundang-undangan pada setiap sektor yang berbeda untuk menjadi satu produk hukum besar dan holistik (umbrella act).

Konsekuensi yuridisnya sesuai teori perundang-undangan ketika produk hukum itu diundangkan, maka membatalkan beberapa aturan hasil penggabungan atau kompilasi, serta substansi materinya dinyatakan tidak berlaku lagi, baik sebagian maupun keseluruhan dari materi muatan undang-undang itu. Fahri menyebut inilah hakikat dari consolidation law.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Row, Band Garapan Rowman Ungu Rilis Single dan Format Baru

Posted: 25 Nov 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - The Row, band garapan Rowman Ungu, mencoba menunjukkan kembali eksistensinya di industri musik Tanah Air. Setelah sekian lama vakum, The Row merilis single berjudul "Sakitnya Diriku'.

Berbeda dari sebelumnya yang mengusung konsep musik Electronic Dance Music (EDM), kali ini Rowman Ungu dan bandnya memilih genre musik pop rock lewat label AFE RECORDS.

Karena konsep baru, Rowman Ungu juga merangkul personil baru . Kini vokalis diisi oleh Ahmad Sabar Nainggolan biasa di panggil OLLAND. Sedangkan untuk gitaris, Rowman mempercayakan Bima Wibisono Putra.

"Karena untuk perubahan ini membutuhkan sebuah proses dan diskusi dengan anggota lama ataupun baru serta label tempat kita bernaung, makanya kami hadir di akhir tahun ini" jelas Rowman Ungu belum lama ini.

Alasan Rubah Genre

The Row Rowman Ungu

Bukan tanpa alasan Rowman mengubah genre musiknya menjadi pop rock. Apalagi di zaman milennial ini, pencinta musik di Indonesia sudah menerima genre musik apapun.

"Karena belum ada yang berani untuk kembali memainkan musik Pop Rock yang kami bawakan ini adalah suatu kesempatan yang kami tawarkan untuk anak millennial sekarang" ujar Rowman,

"Anak millennial sekarang lebih terbuka dalam menerima musik, karenanya kami mengawali dengan genre rock ballads untuk mengenalkan kepada anak millennial sekarang mengenai warna musik THE ROW" tambah olland.

Rock Ballads

The Row Rowman Ungu

Olland, sang vokalis menambahkan, bahwa konsep musik yang diusung bandnya adalah rock ballads.

"Anak millennial sekarang lebih terbuka dalam menerima musik, karenanya kami mengawali dengan genre rock ballads untuk mengenalkan kepada anak millennial sekarang mengenai warna musik THE ROW" tambah olland.

Tentang Single

Preskon The Row (Bambang E. Ros/bintang.com)

Untuk single terbarunya Sakitnya Diriku, The Row menceritakan ketulusan seorang laki-laki terhadap seorang wanita yang sangat dicintainya. Meski sama-sama mencintai, ternyata sang wanita sudah punya kekasih yang tak mungkin dilepaskan.

Berusaha rela, akhrinya pria tersebut memilih untuk meninggalkan wanita tersebut.

Harapan

Preskon The Row (Bambang E. Ros/bintang.com)

Rowman berharap single terbarunya oini bisa diterima oleh pencinta musik Tanah Air. Apalagi tema cinta masih banyak disukai.

"Kami berharap semua penikmat musik Indonesia khususnya fans The ROW menyukai konsep kami yang baru dan yang pernah merasakan hubungan seperti ini dapat menikmati lagunya serta menjadi lagu pilihan mereka" ujar Rowman diamini oleh Ollan dan Bima.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Tak Kerek Harga Tiket saat Libur Natal dan Tahun Baru

Posted: 25 Nov 2019 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Pikri Ilham Kurniansyah, memastikan bahwa tidak ada kenaikan harga tiket pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2019-2020. Menurutnya, harga tiket yang diberikan pun sama seperti hari-hari biasanya.

"Kami sampaikan tidak ada kenaikan harga selama Nataru," katanya dalam acara ngopi BUMN, di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Pikri mengatakan, secara besaran harga, Garuda Indonesia tidak bisa menentukan secara sepihak. Mengingat, harga sudah ditentukan tarif batas atasnya oleh pemerintah melalui peraturan menteri. Sehingga, tidak ada permainan harga pada saat Nataru.

"Sekali lagi kita tegaskan tidak ada kenaikan.Kami juga tegaskan Airlines manapun tidak boleh jual dari tarif batas atas. Kalau ada travel agen menjual di atas ketentuan kita, kita akan blacklist," kata dia.

 

Tiket Mahal?

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Di samping itu, dirinya juga meluruskan selama ini masih banyak masyarakat beranggapan bahwa harga tiket mahal dan melebihi dari tarif batas atas yang ditentukan pemerintah.

Secara perhitungan, dirinya menjelaskan, komponen tarif tiket pesawat terbagi menjadi tiga. Pertama yakni harga tiket itu sendiri, kedua biaya oprasional Airport Tax atau Passenger Service Charge dan pajak penghasilan (PPn)

"Contoh Jakarta-Yogyakarta Rp 846 ribu. Tetapi melalui terminal 3 ada Airport Tak Rp 130 ribu ada PPn 10 persen, asuransi Rp 5 ribu, harga akan mencapai 1 juta lebih. Padahal harga Rp 846 ribu. Kenapa harga di atas tarif batas atas ini jadi persoalan yang belum kelar di masyarakat. Di dalam tiket masih ada tambahan dan lain-lain dari pihak stakeholder," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Temukan 2 Pesantren Diduga Terindikasi Radikalisme

Posted: 25 Nov 2019 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin mengungkapkan, pihaknya menemukan dua pesantren yang diduga terindikasi radikalisme.

Menurut Kamarudin, temuan ini berdasarkan kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Jadi masih berpotensi, terindikasi tapi belum ke arah situ, dan itu hanya 2," kata Kamaruddin Amin di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Dia menjelaskan, pihaknya juga melakukan penelitian dan survei terhadap para santri di dua pesantren tersebut. Menurut Kamaruddin, para santri itu mayoritas setuju mengganti pancasila.

"Ada juga pertanyaan apakah sutuju pemimpin nonmuslim? Ada yang setuju dan tidak setuju, mungkin itu bisa dikategorikan intoleran," ungkap Kamaruddin.

Sementara, Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suaib Tahir menyebutkan, pihaknya terus memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Indonesia. Satu di antaranya dengan cara memanfaatkan pesantren.

"Tahun ini kami bergerak di pesantren-pesantren karena di tempat itu sangat memiliki potensi untuk melawan narasi pemikiran radikal," katanya, Selasa 20 November 2019 lalu.

Upaya pencegahan paham radikalisme tersebut dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan terus melakukan sosialisasi, seminar, workshop dan lain sebagainya.

"Rakyat masih ada yang rentan terkena atau terpapar terorisme. Tidak ada masyarakat yang tidak rentan radikalisme dan terorisme. Itu banyak buktinya, karena itu kami juga mengoptimalkan upaya sosialisasi, seminar, workshop dan lain-lain," ujarnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Picci Ramlan dengan Kacamata Trendinya

Posted: 25 Nov 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Picci Ramlan baru-baru ini sedang menjadi perbincangan. Keponakan dari Olla Ramlan tersebut dikabarkan sedang didekati oleh Billy Syahputra manakala keduanya sedang bersama-sama di Bali. Namun keduanya tak hanya berdua di Bali. Baik Billy maupun Picci, di Bali pun juga ada Nikita Mirzani, Indah Kalalo dan Fitri Salhuteru.

Momen Billy diketahui sedang mendekati Picci ini pun terungkap saat Nikita Mirzani sedang membuat InstaStory di Bali. Picci Ramlan yang merupakan anggota keluarga Ramlan, memang memiliki paras cantik keluarganya yang terkenal.

Picci sering dianggap adik dari Olla Ramlan. Padahal Picci adalah anak dari kakak Olla Ramlan, yaitu Lolita Ramlan. Dalam media sosial, Picci Ramlan pun kerap mengunggah kesehariannya. Ia pun terlihat suka memakai kacamata.

Picci yang seorang sosialita, baik gaya dan kacamatanya pun memang menawan. Banyak yang memuji penampilannya yang ia unggah di Instagram @picciramlan. Selain itu kacamata yang ia miliki pun memiliki banyak bentuk trendi yang mendapat pujian dari para netizen.

Berikut 7 gaya Picci Ramlan dengan kacamata tredi yang Liputan6.com kutip dari Instagram @picciramlan, Selasa (26/11/2019).

1. Picci Ramlan, dalam unggahan instagramnya kerap membagikan potretnya yang sedang memakai kacamata

Picci Ramlan dengan kacamata trendi (Sumber: Instagram/picciramlan)

2. Kacamata yang dipakainya pun unik dan lucu-lucu

Picci Ramlan dengan kacamata trendi (Sumber: Instagram/picciramlan)

3. Beberapa di antaranya kacamata miliki Picci ini bermerek terkenal

Picci Ramlan dengan kacamata trendi (Sumber: Instagram/picciramlan)

4. Kacamata trendi miliknya ini pun sangat cocok dipakai Picci dalam berbagai kesempatan yang membuat penampilannya makin menarik

Picci Ramlan dengan kacamata trendi (Sumber: Instagram/picciramlan)

5. Cukup banyak netizen yang memuji penampilannya saat memakai kacamata ini

Picci Ramlan dengan kacamata trendi (Sumber: Instagram/picciramlan)

6. Bahkan beberapa di antaranya ada yang tertarik dengan kacamata yang dipakai Picci

Picci Ramlan dengan kacamata trendi (Sumber: Instagram/picciramlan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Spirit, Boardtracker Masa Depan Tanpa As Roda

Posted: 25 Nov 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan perdana Iconic Bike di Suryanation Motorland Show Off menyita perhatian pecinta motor kustom Indonesia. Motor bergaya Neo Board Tracker ini diberi nama 'The Spirit'.

Motor garapan builder asal Bali, Smoked Garage, ini mengusung tema future neo. Dibangun menggunakan basis Harley-Davidson Softail lansiran 2000, proses pembuatan motor memakan waktu hingga tiga bulan.

"Arah future neo selalu menjadi inspirasi kami dan mengembangkan motor ini dengan kebebasan dari segi referensi terutama dengan warna Indonesia," kata CEO Smoked Garage, Nicko Eigert.

Mengalami perubahan dari bagian mesin sampai dengan sasis, motor ini terlihat seperti tunggangan futuristik dengan sentuhan retro.

Menggunakan wujud motor balap Amerika Serikat, The Spirit dibangun dengan modal mesin Harley-Davidson Evolution atau Evo. Terdapat juga ukuran roda berukuran besar. "Untuk roda ini kita pakai ukuran 26 inci," ujar Nicko.

Iconic bike merupakan salah satu ritual tahunan dari Suryanation Motorland untuk memberikan inspirasi bagi pecinta dunia kustom dan roda dua Indonesia.

Suryanation Motorland Show Off

Suryanation Motorland Show Off merupakan puncak dari rangkaian acara Suryanation Motorland Battle 2019. Berlangsung selama dua hari di Ballroom JIExpo, Kemayoran, Jakarta, builder-builder internasional dan puluhan builder nasional hadir bersama dengan karyanya.

Rangkaian cara dibuka dengan sesi Rolling Thunder di dua titik kumpul di wilayah Jakarta dan memperkenalkan 5 pemenang Suryanation Motorland Battle yang berasal dari Medan, Palembang, Makassar, Denpasar dan Surabaya.

"Berbagai keseruan acara konten acara Suryanation Motorland Show Off hari pertama ini kami harapkan bisa memberikan inspirasi bagi pengunjung yang ingin melihat lebih dekat mengenai perkembangan dunia custom internasional dan juga perkembangan dunia custom di Indonesia," ujar Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committe.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Negara Dengan Remaja Termager Sedunia, Indonesia Urutan 37

Posted: 25 Nov 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah 94,2% remaja Korea Selatan disebut paling malas sedunia. Mereka beraktivitas fisik kurang dari sejam sehari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agnez Mo Pilih Dandanan Sendiri Kala Tampil di Build Series

Posted: 25 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan Agnez Mo saat tampil di acara Build Series pada 22 November 2019 lalu menuai kontroversi. Pasalnya, ia mengaku tak memiliki darah Indonesia, melainkan hanya China, Jepang, dan Jerman.

Meski begitu, ia memuji Indonesia sebagai negara dengan budaya yang sangat beragam. Ia besar dengan keberagaman sehingga sedikit banyak memengaruhi musiknya saat ini.

Dalam wawancara tersebut, Agnez mengenakan oversized jumpsuit denim dengan warna di-bleach. Ia memadukannya dengan halter neck hitam lengan panjang di bagian dalam.

Pelantun lagu 'Diamond' itu menyempurnakan penampilannya dengan memakai sejumlah aksesori yang berkilau. Setidaknya dua cincin berlian melingkari jarinya di tangan kanan dan kiri.

Ia juga mengenakan dua kalung rantai yang ditumpuk. Untuk menyeimbangkan penampilan, ia hanya menyematkan anting berlian kecil.

Terakhir, penyanyi yang kini menata rambutnya dengan gaya cornrow itu memadukan outfit tersebut dengan sneakers putih yang pernah dipakainya dalam foto yang diunggah awal November 2019. Ternyata, tampilan mantan penyanyi cilik itu hasil kreasi Agnez Mo sendiri.

"#AGNEZMO #AGNEZMOBuildSeries #styledbyAMo," tulisnya dalam unggahan video di balik layar pada 23 November 2019.

 

 

Klarifikasi Agnez

Agnez Mo melontarkan pernyataan kontroversial saat tampil di Build Series pada 22 November 2019. (dok. Youtube Build Series/Dinny Mutiah)

Pernyataan tentang darah Indonesia itu ditanggapi dengan pro kontra oleh warganet Indonesia. Banyak yang kecewa, tapi tak sedikit pula yang mendukung.

Salah satunya VJ Daniel Mananta. Ia memuji aksi Agnez yang menyuarakan tentang inklusivitas budaya Indonesia di Amerika.

"Keren banget Indonesia dibicarakan terus di Pop Culture di Amrik sama Agnez! Not many people can do that!" tulisnya.

Menanggapi pro kontra yang ada, Agnez lalu mengunggah pernyataan lewat media sosialnya. Ia menegaskan akan memperjuangkan budaya yang inklusif sembari mengingatkan soal makna Bhineka Tunggal Ika.

Ia juga mengaku senang bisa membagikan sesuatu tentang akar budayanya dan negaranya. "I will always be honest and testify to the world how a minority like me was given a chance to have dreams and pursue our dreams. ❤️ my heart is full. . #indonesia represents," tulisnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya Penyakit Lipoma, Penyebab, dan Cara Mengobatinya Secara Medis

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bahaya penyakit lipoma perlu diketahui oleh setiap orang. Lipoma sendiri merupakan suatu benjolan berisi lapisan lemak yang secara bertahap menumpuk di bawah kulit. Benjolan ini berada di antara kulit dan lapisan otot. Lipoma sering terdapat di leher, punggung, bahu, lengan, dan paha. 

Benjolan lemak atau Lipoma ini biasanya tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Jika ditekan dengan jari secara perlahan, lipoma terasa lunak dan mudah untuk digoyangkan. Lipoma ini juga merupakan tumor jinak dan lebih sering terjadi pada orang dewasa.

Bahaya penyakit lipoma harus dipahami agar tidak salah sangka. Benjolan ini umumnya dapat terjadi pada laki-laki maupun wanita di semua usia. Lebih seringnya dialami oleh usia 40-60 tahun atau paruh baya. Sebagian pasien bisa memiliki lebih dari satu lipoma di tubuhnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019) tentang bahaya penyakit lipoma

Gejala Lipoma

Sebelum mengetahui bahaya penyakit lipoma bagi kesehatan tubuh, kamu harus memahami terlabih dahulu gejala-gejala yang bisa terjadi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lipoma bisa muncul di bagian tubuh mana pun, namun umumnya benjolan muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu.

Benjolan sebagai gejala lipoma yang muncul memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

-Mudah digoyangkan.

-Pertumbuhan benjolan sangat lambat.

-Terasa lembek dengan konsistensi seperti lemak daging sapi.

-Dapat tumbuh menjadi lebih besar, dari sebesar kelereng hingga sebesar bola pingpong.

Biasanya, benjolan dapat menimbulkan rasa sakit jika ukurannya semakin besar dan menekan saraf di sekitarnya.

Penyebab Lipoma

Lipoma

Selain itu, untuk menghindari bahaya penyakit lipoma, kamu juga harus mengetahui berbagai penyebabnya. Hal ini harus dipahami agar kamu bisa mencegahnya terjadi.

Penyebab pasti lipoma belum diketahui, diduga terdapat faktor genetik berperan sebagai penyebab lipoma. Umumnya lipoma adalah kondisi yang dapat terjadi pada beberapa orang dalam satu keluarga.

Walaupun begitu, untuk menghindari bahaya penyakit lipoma, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena lipoma, yaitu:

- Riwayat lipoma dalam keluarga.

- Berusia 40-60 tahun.

- Menderita penyakit tertentu, seperti sindrom Cowden, sindrom Gardner, penyakit Madelung, atau adiposis dolorosa.

Bahaya Penyakit Lipoma

Penyakit Lipoma yang muncul di tubuh kamu bisanya jarang berisiko atau berbahaya. Namun, benjolan di permukaan tubuh belum tentu lipoma, bisa saja kista atau bahkan tumor ganas yang dapat berakibat fatal bila tidak segera ditangani. Hal inilah yang menjadikan bahaya penyakit lipoma harus dipahami.

Kamu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter bila menemukan benjolan di area tubuh mana pun dan apa pun karakteristiknya, baik yang berukuran kecil atau besar, lunak atau keras, dapat digerakkan atau tidak, serta terasa sakit atau tidak. Jika lipoma berkembang lambat dan malah bertambah ukurannya, itu bisa menjadi gejala atau tanda masalah kesehatan yang serius.

Pengobatan Lipoma

Pengobatan Lipoma (Sumber: Pixabay)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahaya penyakit lipoma sebenarnya lebih karena kesalahan mengenali benjolannya. Lipoma merupakan tumor yang tidak berbahaya dan seringnya tidak membutuhkan pengobatan.

Namun, jika tumor terus berkembang, dokter akan menganjurkan pembedahan untuk mengangkat benjolan berisi lapisan lemak ini. Benjolan berisi lapisan lemak ini bila dibiarkan saja tidak akan menimbulkan masalah. Namun, dokter kulit dapat mengobati benjolan jika itu mengganggu kepercayaan diri atau bahkan aktivitas sehari-hari kamu.

Operasi

Dalam mengatasi bahaya penyakit lipoma, cara yang paling sering dilakukan untuk menanganinya adalah operasi pengangkatan benjolan. Biasanya lipoma tidak akan tumbuh kembali setelah diangkat.

Pembedahan ini sangat membantu, terlebih jika kamu memiliki tumor kulit besar yang masih tumbuh. Umumnya tumor atau benjolan berisi lapisan lemak ini jarang tumbuh kembali setelah diangkat secara operasi.

 

Pengobatan Lainnya

Sedot Lemak

Karena benjolan yang tumbuh ini dasarnya terbuat dari lemak, prosedur sedot lemak dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi ukurannya. Liposuction menggunakan jarum yang menempel pada jarum suntik besar, dan sebelum lemak disedot, biasanya kamu akan disuntikkan bius lokal terlebih dahulu.

Prosedur liposuction atau sedot lemak berguna untuk kondisi lipoma yang lebih besar, tetapi prosedur ini sering dikaitkan dengan tingkat kekambuhan yang lebih tinggi atau benjolan bisa tumbuh kembali. Jadi, sedot lemak hanya berfungsi untuk menyusutkan ukurannya saja.

Suntikan Steroid

Suntikan steroid juga dapat digunakan tepat di area benjolan di tubuh kamu. Perawatan ini dapat mengecilkan lipoma, tetapi tidak sepenuhnya akan mengangkat atau menghapusnya dari tubuh.

Tumor benjolan berisi lapisan lemak ini tidak dapat hilang atau mengecil dengan sendirinya. Sebab pada dasarnya benjolan ini terbentuk dari lemak dan membutuhkan penanganan khusus dari dokter jika kamu ingin menghilangkannya.

Oleh karena itu, jika mengalami benjolan di bagian tubuh mana pun yang kamu curigai sebagai lipoma, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Kamu tentu harus menghindari segala bahaya yang dapat terjadi akibat adanya gejala benjolan di tubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inikah Spesifikasi Samsung Galaxy S11?

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pekan belakangan ini, informasi tentang Samsung Galaxy S11 semakin marak muncul di internet.

Setelah gambar render Galaxy S11 yang dibuat oleh OnLeaks dan 91mobiles, kini giliran bocoran spesifikasinya muncul di dunia maya.

Dikutip dari Geekbench, Selasa (26/11/2019), Galaxy S11 akan mengusung prosesor Snapdragon 865 dan Exynos 990--tergantung lokasi penjualannya.

Secara spesifik, seri Galaxy S11 yang muncul di laman Geekbench ini adalah varian 5G dengan nomor model SM-G986B.

Selain prosesor, diketahui juga Galaxy S11 5G ini tampil dengan RAM 12GB. Ini berarti opsi RAM 12GB tidak hanya terbatap pada seri Galaxy S11 Plus.

Namun, ada kemungkinan versi standar Galaxy S11 tidak hadir dengan RAM 12GB.

 

Pakai Android 10

Informasi lain, Galaxy S11 akan langsung menggunakan sistem operasi Android 10.

Berdasarkan uji coba benchmark tersebut, prosesor Galaxy S11 mencapai skor awal dikisaran 427 dan 2326.

Sebuah skor yang tidak begitu memuaskan, mengingat seri Galaxy S10 mampu mencapai skor yang lebih tinggi lagi.

 

Hasil Skor Perangkat Prototipe?

Lebih lanjut, skor yang dicapai Galaxy S11 di Geekbench ini cukup mengejutkan berbagai pihak.

Ada yang menduga hasil yang muncul di Geekbench merupakan dari perangkat Galaxy S11 yang belum dioptimalkan atau prototipe, dan ponsel produksinya akan lebih baik lagi.

Beruntung, hal itu tidak akan butuh waktu yang lama, karena Samsung diperkirakan akan mengungkap Galaxy S11 pada Februari 2020.

 

Gambar Render Galaxy S11 Muncul di Internet

Diungkap oleh akun Twitter @OnLeaks dan 91mobiles, kamu dapat memprediksi seperti apa bentuk seri terbaru Galaxy S tersebut.

Dilansir laporan @OnLeaks dan 91mobiles, Selasa (26/11/2019), Galaxy S11 akan memiliki beberapa perubahan desain ketimbang seri-seri Galaxy S sebelumnya.

Informasi, ini bukan gambar resmi milik Samsung. Gambar Galaxy S11 ini dibuat OnLeaks berdasarkan bocoran informasi yang beredar saat ini.

OnLeaks memiliki rekam jejak yang cukup bagus dalam hal gambar render mereka, sebelumnya mereka dengan benar menampilkan Galaxy Note 10, iPhone 11, OnePlus 7T Pro, dan ponsel lain berbulan-bulan sebelum dirilis. 

Salah satu perubahan tersebut melibatkan kamera selfie smartphone, yang kali ini dipindahkan dari sisi kanan layar ke tengah Galaxy S11.

Frame Kamera Belakang Berbentuk Kotak

Perubahan besar lainnya juga tampak di kamera belakang smartphone, yang kini mengadopsi frame kamera berbentuk kotak. Sama seperti di seri Pixel 4 dan seri iPhone 11. 

Dari informasi yang ada saat ini, Galaxy S11 bakal mengusung empat kamera. Sayang, masih belum diketahui secara detail apa kemampuan masing-masing kamera tersebut.

Jelang tanggal peluncuran yang semakin dekat, bukan hal yang mustahil akan lebih banyak lagi informasi tentang kinerja dan hardware di dalam Galaxy S11.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Avtur Dinilai Mahal, Pertamina Sebut Sudah Ikuti Formula Pemerintah

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harga avtur Pertamina kembali disinggung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai biang kerok‎ mahalnya harga tiket pesawat di Indonesia. Dia pun berencana membuka kesempatan perusahaan lain berjualan avtur untuk menurunkan harga.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan, harga avtur yang ditetapkan Pertamina sudah sesuai formula yang ditetapkan pemerintah, sebagai penyalur Pertamina hanya mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Tiap dua pekan dan ada formulanya. Harga avtur, BBM dan Solar. Itu pakai formula yang ditetapkan pemerintah. Kita ikuti aturan saja," kata Nicke, disela acara Pertamina Energy Forum,‎ di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Menurut Nicke, harga avtur yang dijual Pertamina‎ bersaing dengan perusahaan lain, hal tersebut dibuktikan dengan digunakannya avtur Pertamina oleh maskapai dalam negeri saat di bandara luar negeri.‎

"Untuk harga, kita menyediakan avtur untuk airline kita di luar negeri‎, harga avtur Pertamina cukup kompetitif,‎" tuturnya.

Namun dia mengakui, masih ada perbedaan harga di wiayah Indonesia Timur tingginya biaya penyaluran akibat akses yang sulit. "Kami sadari di Indonesia timur cukup sulit loading unloading berkali-kali, avtur dari cilacap diangkut kapal, dibawa truk kepelabuhan kecil diangkut lagi, itu tantangan kita negara kepualuan," paparnya.

Nicke melanjutkan, untuk saat ini Pertamina sudah tidak lagi mengimpor avtur gunah memenuhi kebutuhan transportasi udara di dalam negeri.‎ Bahkan dengan modernisasi kilang Cilacap, avtur Pertamina sudah ekspor.

"Mulai Maret 2019 kami sudah tidak impor solar dan avtur, khusus avtur Juni 2019 kami sudah ekspor, kita sudah mandiri kita tidak impor, kita sudah upgrade kilang Cilacap sehingga menghasilkan lebih banyak," tandasnya.

Harga Tiket Pesawat Naik, Konsumsi Avtur Turun

Petugas DPPU Kertajati saat mengisi bahan bakar avtur yang parkir di apron Bandara Kertajati Majalengka. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

PT Pertamina (Persero) mencatat penurunan konsumsi avtur oleh pihak maskapai pada 2019. Jika dibandingkan 2019, rata-rata normal atau Daily Objective Throughput (DOT) turun sebesar 12,8 persen.

Vice President Aviation Pertamina, Eldi Hendri mengakui, konsumsi avtur menurun pada 2019. Salah satu hal yang diduga menjadi penyebabnya yakni naiknya harga tiket.

"Untuk avtur kita sama-sama ketahui di awal 2019 dunia penerbangan kita secara frekuensi menurun. Mungkin karena cari tiket saja sekarang cukup sulit jadi secara frekuensi turun dibanding 2018," kata dia, di Jakarta, Senin (29/4/2019).  

Meskipun demikian, pihaknya tetap prediksi kenaikan konsumsi avtur hingga 8 persen di waktu jelang Lebaran alias di masa kerja Satgas RAFI 2019. Diketahui DOT avtur selama tahun 2019 tercatat sebesar 13.414 KL.

"Untuk satgas kali ini. Tahun lalu kenaikannya 5 persen tahun ini normal kita 13.500 per day bisa naik 8 persen pada saat puncak hari raya nanti jadi sekitar 14.500an. Kita prediksi puncaknya nanti naik sampai 8 persen dari kondisi normal," ungkapnya.

Vice President Supply & Distribution PT Pertamina, Faris Aziz, mengatakan sepanjang 2019, Pertamina sudah tidak lagi melakukan impor avtur. Sebab sudah dapat diproduksi di kilang-kilang milik Pertamina. "Yang dominan sumbang ada RU (Rifinery Unit) 4 cilacap. Setelah itu Revinery Unit 6," ujar dia 

Saat ini, stok avtur Pertamina mencapai 615.512 KL dapat memenuhi kebutuhan hingga tersedia 48 hari.

"Produksi kebutuhan kita stok kita 48 hari. Jadi memang dari produksi kita 13 ribu KL per day kali 48 hari itulah ketahanan stok kita," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Gerilya Dokter di Masa Proklamasi

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk menghormati jasa mereka yang telah berjuang dan gugur demi berdirinya negara Indonesia.

Mungkin tak semua pahlawan disebut dalam sejarah, berikut ini salah satunya, yaitu kumpulan mahasiswa kedokteran yang disebut sebagai Prapatan 10.

Di Prapatan ini kira-kira menampung sekitar 150 mahasiswa. Nama Prapatan 10 ini memang menjadi terkenal karena sebutan untuk mahasiswa kedokteran yang aktif didalam persiapan kemerdakaan Indonesia waktu itu.

Pada kesempatan kali ini Klikdokter.com akan membagikan sejarah gerilya dokter pada masa kemerkedaan bersama dr. Doddy P. Partomihardjo Sp. M. Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel Klikdokter.com hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Intensitas Tinggi Masih Berpotensi Melanda Daerah Banjir di Riau

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Kawasan yang dilanda banjir di kabupaten Rokan Hulu masih berpotensi dilanda hujan dengan intensitas cukup tinggi. Hal itu setidaknya diutarakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Selasa (26/11/2019). 

Data BMKG Stasiun Pekanbaru menyebut, hari ini (Selasa) hujan lebat masih berpeluang terjadi di Rohul pada sore dan malam hari.

Selain Rokan Hulu, hujan deras juga berpeluang terjadi pada dini hari di dua daerah lainnya, yakni Rokan Hilir (Rohil) dan Kampar.

"Peringatan dini, waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian Kabupaten Rohil, Rohul, dan Kampar, sore dan malam hari," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno, seperti dikutip Antara.

Sedangkan pada siang hingga sore hari, lanjutnya, sebagian daerah diprakirakan berawan dan hujan ringan hingga sedang. Daerah tersebut antara lain di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Banjir melanda Kabupaten Rohul sejak Minggu (24/11). Banjir karena meningkatnya intensitas hujan lokasinya tersebar di Kecamatan Rambah, yakni di Desa Rambah Tengah Hulu (Pawan), Desa Tanjung Belit (Tanjung Pauh), Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, dan Kelurahan Pasirpangaraian.

Kemudian banjir juga terjadi di Kecamatan Rokan IV Koto, yakni di Desa Rokan Koto Ruang, Desa Cipang Kanan (Kubang Buaya), Desa Tanjung Medan, dan Kelurahan Rokan.

Berdasarkan data Kantor Basarnas Pekanbaru, warga korban banjir di Rokan Hulu mencapai 849 kepala keluarga (KK) atau setara 3.116 jiwa. Banjir merendam beberapa fasilitas sosial seperti masjid, dan akses jalan terputus.

Basarnas Pekanbaru menurunkan personel yang dilengkapi perahu karet untuk mengevakuasi warga dan membantu menyalurkan bantuan.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Rohul dan instansi terkait lainnya," kata Kepala Basarnas Pekanbaru Amiruddin.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand di SEA Games 2019 Sore Ini

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 akan mengawali petualangan di SEA Games 2019 dengan bertemu langganan juara Thailand. Meskipun berat, Skuat Garuda Muda bertekad merebut medali emas 

Selain dengan Thailand, Timnas Indonesia U-22 juga akan bersaing dengan Vietnam, serta Singapura. Selain itu, ada juga dua kuda hitam, Laos dan Brunei Darussalam.

Di laga perdana, Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Thailand di City of Imus Grandstand, Selasa (26/11/2019).

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengaku sudah mengetahui kekuatan Thailand.

"Karena itu kita berlatih bagaimana mengantisipasi sekaligus mematahkan permainan mereka. Semua strategi akan kita matangkan sampai hari H pertandingan," kata Indra.

Tak hanya mematangkan strategi bermain, Timnas Indonesia U-22 juga sudah beradaptasi dengan kondisi lapangan dan cuaca di Manila. "Mudah-mudahan kita mendapat hasil positif lawan Thailand,"ujar Indra Sjafri.

Berikut jadwal siaran langsung timnas Indonesia U-22 vs Thailand di laga perdana.

 

Jadwal Pertandingan

Pelatih Thailand U-22, Akira Nishino, memberikan keterangan pers di Hotel Century Park, Manila, Minggu (24/11). Cabang sepak bola SEA Games 2019 akan mulai bertanding Senin (25/11). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selasa, 26 November 2019

Jam 15.00 WIB: Thailand vs Timnas Indonesia U-22

City of Imus Grandstand, Manila, Filipina,

Live RCTI

Jadwal Lain

28 November 2019

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Singapura (Stadion Rizal Memorial)

1 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia U-22 (Stadion Rizal Memorial)

3 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam (Stadion Binan)

5 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Laos (Stadion Rizal Memorial)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hadapi Juventus, Pemain Atletico Madrid Semangat Berlatih

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Pemain depan Atletico de Madrid, Ivan Saponjic (kanan) dan pemain tengah Atletico Madrid, Antonio Moya mengikuti sesi pelatihan di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus. (AFP/Oscar Del Pozo)

Pemain depan Atletico de Madrid, Ivan Saponjic (kanan) dan pemain tengah Atletico Madrid, Antonio Moya mengikuti sesi pelatihan di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus. (AFP/Oscar Del Pozo)

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone mengontrol bola saat mengikuti sesi latihan di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada Grup D Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP/Oscar Del Pozo)

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone mengontrol bola saat mengikuti sesi latihan di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada Grup D Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP/Oscar Del Pozo)

Para pemain Atletico Madrid saat mengikuti sesi latihan di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada Grup D Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP/Oscar Del Pozo)

Para pemain Atletico Madrid saat mengikuti sesi latihan di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada Grup D Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP/Oscar Del Pozo)

Pemain depan Atletico Madrid, Joao Felix menggiring bola saat mengikuti latihan dan rekan satu timnya di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada Grup D Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP/Oscar Del Pozo)

Pemain depan Atletico Madrid, Joao Felix menggiring bola saat mengikuti latihan dan rekan satu timnya di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada Grup D Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP/Oscar Del Pozo)

Bek Atletico Madrid, Renan Lodi melakukan pemanasan selama sesi latihan di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada Grup D Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP/Oscar Del Pozo)

Bek Atletico Madrid, Renan Lodi melakukan pemanasan selama sesi latihan di Atletico de Madrid Sports City di Majadahonda (25/11/2019). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada Grup D Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP/Oscar Del Pozo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tertutup Longsor, Akses Jalan Padang Terputus

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah ruas jalan di sekitar Padang, Sumatera Barat terputus setelah tertimbun material longsor. Kendaraan berat telah digunakan untuk menyisir material namun jalan belum bisa dilalui.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puan Maharani Main Film Nagabonar Reborn, Megawati Soekarnoputri Pertanyakan Ini

Posted: 25 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nagabonar, salah satu karakter ikonis dalam sejarah sinema Indonesia kembali diangkat ke layar lebar. Gading Marten didapuk menjadi pemeran utama. Ia didampingi Citra Kirana. Yang menarik, ada Puan Maharani di film Nagabonar Reborn.

Puan Maharani yang kini menjabat Ketua DPR RI tampil sebagai kameo. Kepada Showbiz Liputan6.com, Puan Maharani berbagi romantika saat syuting Nagabonar Reborn di Sumatera Utara.

Yang paling membekas di benak Puan Maharani, persiapan syuting Nagabonar Reborn yang relatif panjang. Belum lagi, Puan Maharani berangkat ke lokasi syuting menggunakan helikopter.

Naik Helikopter

Puan ketika diwawancara media. (Foto: Dok. Biro Pemberitaan Parlemen.)

"Karena perjalannya jauh. Medannya Simalungun, tuh kalau ditempuh naik mobil perlu waktu. Sementara saya enggak ada waktu lama. Jadi dari Medan ke Simalungun naik helikopter, begitu juga kembalinya. Kalau enggak, saya bisa seminggu syuting di situ," beri tahu Puan Maharani saat menghadiri nonton bareng Nagabonar Reborn di Plaza Senayan Jakarta, Senin (25/11/2019).

Kali pertama syuting film, Puan Maharani baru merasakan suka duka jadi aktor. Kerja di lokasi syuting tak semudah yang ia bayangkan.

Apresiasi untuk Para Aktor

Puan Maharani bersama para pemain film Nagabonar Reborn. (Foto: Dok. Biro Pemberitaan Parlemen.)

"Karenanya saya mengapresiasi peran para aktor di film ini. Menurut saya mereka berhasil," Puan Maharani menyambung.

Dalam Nagabonar Reborn, Puan Maharani menjadi kameo alias figur publik terkenal yang tampil singkat dalam film. Menjadi kameo saja, menurut Puan Maharani, susah.

Tidak Gampang

Puan Maharani. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Persiapannya panjang dari menghafal naskah lalu menyampaikannya bersama lawan main di depan kamera dengan natural.

"Saya baru tahu kalau menghafal dialog itu enggak gampang. Antara muka, mimik, intonasi, dan dialog yang diucapkan itu harus sama dengan naskah," kenang Puan Maharani seraya menambahkan, dialog sesingkat apa pun berkontribusi dalam membentuk karakter dan membangun cerita.

 

Munculnya Kurang Lama

Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani. (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Puan Maharani menghadiri nonton bareng Nagabonar Reborn bersama ibunda tercinta, Megawati Soekarnoputri. Usai menonton, ia kaget ditanya Megawati Soekarnoputri.

"Ini film lucu banget. Terus terang, saya juga baru nonton setelah syuting setahun lalu. Habis nonton ibu saya bertanya, 'Lo, kenapa kamu munculnya kurang lama, padahal kamu syutingnya dua hari?' Ha ha ha, namanya juga tampil singkat di film," beber Puan Maharani lalu tertawa.

Disinggung peluang main film lagi ke depan, Puan Maharani enggan menjanjikan. "Jadi kameo saja enggak gampang," Puan Maharani mengakhiri perbincangan.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanafi Rais Disebut Bakal Maju Jadi Ketum PAN

Posted: 25 Nov 2019 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengungkap sejumlah nama yang bakal bersaing dalam bursa calon Ketua Umum (Ketum) PAN. Yandri menyebut, putra Amien Rais, Hanafi Rais menjadi salah satu yang bakal bersaing memperebutkan kursi Ketum PAN.

"Saya dengar juga Mas Hanafi mau jadi ketua umum, jadi jangan juga mengecilkan posisi Mas Hanafi. Siapa tahu dia mau jadi ketua umum," ujar Yandri, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Yandri mempersilakan siapa saja yang ingin maju dalam bursa calon Ketum PAN. Selain Zulkifli Hasan yang merupakan petahana dan Hanafi, ada nama Waketum Mulfachri Harahap dan Asman Abnur yang bakal bersaing di Kongres PAN.

Dia menegaskan, persaingan di PAN adalah persaingan kekeluargaan. Yandri menyontohkan kedekatan Zulkifli dan Mulfachri yang saling bersahabat.

"Mereka bersama-sama memajukan PAN, ya menurut saya patut diapresiasi, saya yakin di antara Bang Zul dan Bang Kimong (panggilan Mulfachri) enggak ada masalah," kata Yandri.

Harus Direstui Amien Rais?

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) berbincang dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Politisi PAN Hatta Rajasa di Jalan Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (9/6). Acara dihadiri pengurus DPP PAN dan DPW Se-Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Soal siapa yang direstui Amien Rais bakal terpilih menjadi Ketum PAN, Yandri menyebut teori tersebut bisa benar, bisa tidak. Tetapi, yang jelas ketum akan ditentukan pemilik suara di PAN.

Pemilik suara PAN itu adalah ketua dan sekretaris DPW provinsi, ketua DPD kabupaten/kota, dan ketum, sekretaris jenderal, sampai bendahara di DPP PAN.

"Pertanyaannya mereka yang menentukan menurut saya pemilik suara itu, bahwa mencair atau tidak mencair itu adalah hal yang biasa, karena kalau hanya mencalonkan itu kemudian tidak didukung oleh DPW dan DPD ya enggak klop, enggak match juga. Tapi kalau ketua umum itu dikehendaki oleh mayoritas DPW dan DPD ya itulah sesungguhnya dukungan yang real," kata Yandri.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Pastikan Keamanan Pesawat saat Natal dan Tahun Baru

Posted: 25 Nov 2019 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Pikri Ilham Kurniansyah memastikan seluruh maskapai penerbangan untuk angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2019-2020 dalam keadaan sehat. Seluruh maskapai sudah dalam tahap pengecekan dan laik untuk diterbangkan.

Pikri mengatakan, keamanan menjadi prioritas utama perusahaan dalam memberikan service kepada masyarakat. Bahkan, apabila ditemui permasalahan teknis dalam maskapai penerbangan dirinya tidak memaksakan untuk penerbangan.

"Kami tidak main-main, tidak akan menerbangkan pesawat apabila ada kendala teknis pada saat Nataru," katanya dalam acara ngopi BUMN, di Jakarta, Selasa (26/11).

 

Secara hitungan bisnis, diakuinya memang ada kerugian apabila pesawat tidak diterbangkan. Secara otomatis perusahaan akan mengganti rugi kompensasi dari masyarakat.

"Tapi enggak apa-apa kita mengedepankan keamanan. Kalau pesawat bermasalah ya tidak boleh. Itu adalah mental pesawat Airline. Lebih baik ganti pesawat atau delay, dari pada keamanan dikorbankan," tandas dia.

Sebelumnya, Garuda Indonesia akan menyiapkan pesawat berbadan lebar jenis Boeing dan Airbus untuk memfasilitasi lonjakan penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2019-2020. Pesawat berukuran besar ini, nantinya diperuntukkan pada rute-rute gemuk pada saat Nataru.

Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Pikri Ilham Kurniansyah, mengatakan, ada dua pesawat lebar yang akan diberangkatkan pada periode Nataru yang diperkirakan mulai 20 Desember 2019 sampai dengan 6 Januari 2020. Kedua pesawat itu yakni Boeing 777-300 dengan kapasitas 393 orang dan Airbus 330-900 kapasitas 314 orang.

"Daerah daerah yang memang besar. Kalau kita lihat Cengkareng-Denpasar kapasitas besar. Surabaya juga, bisa dengan pesawat pesawat berbadan besar. Kalau masyarakat ingin coba pesawat berbadan lebar bisa dinikmati," katanya

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Penjelasan Garuda Indonesia Soal Cerai dengan Sriwijaya

Ada Penumpang Kritis di Dalam Pesawat, Garuda Mendarat Darurat di Australia (Foto: Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan)

Maskapai pelat merah Garuda Indonesia akhirnya angkat bicara soal kisruh anak usahanya, Citilink Indonesia dengan Sriwijaya Air. Kekisruhan ini terkuak melalui pesan berantai.

M Ikhsan Rosan, VP Corporate Secretary Garuda Indonesia menyatakan bahwa pesan berantai yang beredar atas nama Direktur Teknik dan Layanan Garuda Indonesia Iwan Joeniarto ditujukan kepada lessor alias perusahaan penyewaan pesawat.

"Bersama ini kami sampaikan bahwa penjelasan tersebut ditujukan kepada lessor (perusahaan penyewaan pesawat) atas pertanyaan mereka tentang posisi Garuda Indonesia atas Sriwijaya," demikian dikutip Liputan6.com dari keterangan resmi, Kamis (7/11/2019).

Lebih lanjut, Garuda Indonesia meminta pada Sriwijaya untuk menyelesaikan permasalahan utang mereka kepada institusi negara, seperti BNI, Pertamina, GMF, Gapura Angkasa dan lainnya.

"Awal kerjasama manajemen (KSM) Garuda dengan Sriwijaya adalah dalam rangka mengamankan aset dan piutang negara pada Sriwijaya Group," lanjut Ikhsan.

Dengan demikian, Garuda Indonesia menunggu itikad baik Sriwijaya agar segera menuntaskan segala kewajibannya.

Sebagai informasi, direksi transisi Sriwijaya telah habis masa tugasnya pada 31 Oktober 2019 lalu.

Menhub: Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia Jangan Cerai

Menhub Budi Karya Sumadi memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI) di Jakarta, Selasa (16/7/2019). AVGI resmi hadir sebagai lembaga independen dan profesional yang berkomitmen memajukan industri Esports di tanah air. (Liputan6.com/HO/Bon)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menanggapi soal retaknya hubungan maskapai Sriwijaya Air dan anak usaha Garuda Indonesia, Citilink Indonesia.

Pria yang akrab disapa BKS ini mengatakan, pihaknya akan memanggil maskapai untuk mencegah perpecahan bisnis terjadi.

"Ya, nanti kita ajak, kita panggil, kita cari jalan keluar jangan sampai pecah kongsi," ujarnya singkat di Jakarta, Kamis (07/11/2019).

Perpecahan ini mengejutkan banyak pihak karena sebulan yang lalu, kedua maskapai ini kembali menjalin kerjasama manajemen (KSM).

Sebelumnya diberitakan, hubungan bisnis antara Sriwijaya Air dan Citilink Indonesia, anak usaha Garuda Indonesia, memburuk karena adanya sejumlah masalah yang membuat keduanya memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama operasi.

Pihak Garuda Indonesia sendiri yang membeberkan informasi tersebut.

"Karena ada sejumlah masalah di mana kedua pihak belum bisa diselesaikan. Dengan berat hati, kami menginformasikan bahwa Sriwijaya Air melanjutkan bisnisnya sendiri," kata Direktur Teknik dan Layanan Garuda Iwan Joeniarto dikutip dari Antara, Kamis (7/11/2019).  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anniversary ke-8, Ini 6 Momen Manis Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi

Posted: 25 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan mantan artis cilik, Zee Zee Shahab dengan Prabu Revolusi tepat pada hari ini 26 November memasuki tahun kedelapan. Pada tahun 2011 silam, wanita kelahiran Jakarta ini menikah dengan duda pembawa acara berita, Prabu Revolusi. 

Merayakan hari pernikahannya, wanita berdarah Arab-Betawi ini mengunggah foto bersama suami beserta caption yang manis. Dalam unggahannya, ibu dua anak ini mengucapkan anniversary dan ungkapan terimakasih karena sudah 8 tahun bersama. 

"Dad seperti biasa aku gak pernah jago bikin kata2 kayak Daddy 😅But you know me, i love u much!Terima kasih utk 8 tahun yg berwarna ini, terima kasih udah mau nemenin aku menyelesaikan gold coast marathon kmrn ( nahan pace sakit loh!) gak perlu sering ngomong sayang, dengan bukti itu udah cukup buat aku 🤗Happy anniversary Dad @praburevolusi till jannah InsyaAllah So, marathon mana lagi kita? #8yearsanniversary" ucap Zee, di laman instagram pribadinya, Selasa (26/11/2019) 

Setelah putus dari Bedu, Zee menjalin asmara dengan duda beranak satu, Prabu Revolusi. Di tanggal cantik tepatnya pada 11 November 2011 (11-11-11), Prabu melamar Zee Zee. Tidak berselang lama, dua sejoli ini menikah pada 26 November 2011 silam.  Kebahagiaan Prabu dan Zee Zee Shahab semakin lengkap akan kehadiran dua buah hati mereka, Khaleev Putra Revolusi dan Lucky Keriym Putra Revolusi 

 Dilansir dari akun instagram Zee Zee Shahab dan Prabu, berikut Liputan6.com ulas momen manis Prabu dan Zee, Selasa (26/11/2019) 

 

1. Tidak berselang lama dari proses lamaran, Zee Zee Shahab dan Prabu resmi menjadi suami istri pada 26 November 2011 lalu.

Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi (Sumber: Instagram/zeezeeshahab/praburevolusi)

2. Dari hasil pernikahannya, wanita berdarah Arab-Betawi ini dikaruniai dua buah hati tampan bernama Khaleev dan Lucky.

Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi (Sumber: Instagram/zeezeeshahab/praburevolusi)

3. Tak terasa sudah 8 tahun bersama, pasangan ini jauh dari gosip miring. Keduanya justru terlihat semakin romantis dan harmonis.

Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi (Sumber: Instagram/zeezeeshahab/praburevolusi)

4. Pasangan beda usia 5 tahun ini juga punya hobi olahraga yang sama, yaitu lari marathon. Kompak banget ya!

Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi (Sumber: Instagram/zeezeeshahab/praburevolusi)

5. Potret Zee saat wisuda S2 pada tahun 2017 silam. Pria pembawa berita ini memang selalu mendukung kegiatan sang istri.

Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi (Sumber: Instagram/zeezeeshahab/praburevolusi)

6. Momen manis keluarga Zee saat hari Raya Idul Fitri. Seperti ibu kandung, Zee juga terlihat akrab dengan putra tirinya, Kaisar.

Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi (Sumber: Instagram/zeezeeshahab/praburevolusi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Tito ke Anies: Bandingkan Jakarta dengan Beijing, dan Shanghai

Posted: 25 Nov 2019 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, membandingkan kondisi DKI Jakarta dengan Beijing dan Shanghai. Menurutnya, ekonomi di negara tersebut berkembang pesat.

Tito kemudian menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengetahui kondisi di negara tersebut. Menurut Tito, Jakarta kini justru kalah dengan Beijing yang dulu seperti kampung.

"Saya yakin Pak Anies sering ke Cina, ke Beijing-Shanghai. Dulu mungkin ya, ah ini negara (Cina) dengan Jakarta saja Beijingnya kita lihat sudah seperti kampung. Kalau sekarang kita lihat Jakarta kayak kampung dibandingkan dengan Beijing," kata Tito dalam pidatonya di Munas ke IV APPSI, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

Tito kemudian menyebut bahwa ekonomi di negara Cina berkembang pesat. Bahkan, melampaui Amerika Serikat dalam kurun waktu 20 tahun. Padahal, dulu banyak yang meremehkan negara tirai bambu tersebut.

"Dulu banyak yang underestimate, padahal sudah diprediksi. Tahun 1998 waktu kami Sesko (Sekolah Komando) di Australia, kemudian di New Zealand. Setiap hari yang dibicarakan adalah ancaman ekonomi dan militer Cina," lanjut mantan Kapolri itu.

 

Survei Internasional

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Liputan6/Putu Merta)

Oleh karena itu, Tito berpesan kepada seluruh gubernur di Indonesia untuk mencermati survei-survei Internasional yang menyoroti Indonesia terutama dalam hal ekonomi.

"Sebetulnya kalau ada survei yang mengklaim dari lembaga internasional seperti Gallup atau dari Mckinsey, yang memprediksi Indonesia sebagai negara dominan di bidang ekonomi, itu bukan sesuatu yang window dreesing, tetapi betul-betul nasional karena negara kita memiliki jumlah penduduk yang besar, memiliki angkatan kerja yang besar," ia memungkasi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Agnez Mo Sebut Dirinya Tidak Berdarah Indonesia

Posted: 25 Nov 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Agnez Mo jadi bahan pembicaraan warganet setelah menyebut dirinya tidak memiliki darah Indonesia. Warganet banyak yang menyayangkan pernyataan Agnez saat wawancara media tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Allianz Arena Berubah Jadi Oranye

Posted: 25 Nov 2019 09:46 PM PST

Orang-orang mengambil gambar Allianz Arena, markas FC Bayern Munchen, yang diterangi warna oranye untuk kampanye

Orang-orang mengambil gambar Allianz Arena, markas FC Bayern Munchen, yang diterangi warna oranye untuk kampanye

Allianz Arena, markas dari FC Bayern Munchen, diterangi warna oranye untuk kampanye

Allianz Arena, markas dari FC Bayern Munchen, diterangi warna oranye untuk kampanye

Seorang pria melintasi Allianz Arena, markas FC Bayern Munchen, yang diterangi warna oranye untuk kampanye

Seorang pria melintasi Allianz Arena, markas FC Bayern Munchen, yang diterangi warna oranye untuk kampanye

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sohibul Iman Persilakan PKS Solo Dukung Gibran di Pilkada

Posted: 25 Nov 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden DPP PKS Sohibul Iman menyerahkan pada pengurus daerah terkait siapa yang akan diusung dalam Pilkada daerah. Termasuk pada pengurus PKS Solo jika ingin mengusung Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo 2020.

"Saya sudah sampaikan dalam konteks pilkada kita berikan kebebasan ke daerah. Sampai hari ini dari Solo belum ada laporan apa-apa kepada DPP. Jadi, biar aja itu menjadi dinamika di daerah," kata Sohibul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

DPP PKS menyebut pihaknya mempersilakan DPW untuk menokohkan siapa saja sesuai dengan pertimbangan masing-masing.

"Karena kami memberi jaminan, silakan, mau berkoalisi dengan partai apa pun, mau menokohkan siapa pun, sesuai dengan suasana batin di sana," ucapnya.

Sohibul tidak secara gamblang bahwa PKS akan mengusung Gibran, ia kembali menyatakan hal itu tergantung suasana batin pengurus daerah. Namun ia belum mau berandai-andai.

"Ya silakan saja (Gibran), tergantung suasana batin mereka di sana. Begini, dari bawah itu ada syarat, mengusulkan ke DPP itu minimal dua kandidat. Nah nanti DPP yang akan memilih di antara dua itu. Kan belum tentu siapanya," jelasnya.

"Jangan berandai-andai, kita tunggu aja. Politik tidak boleh berandai-andai," tandas Sohibul.

Bebaskan Koalisi

Sebelumnya, PKS membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai pendukung pemerintah di Pilkada 2020. Hal itu dikatakan langsung Sekjen PKS Mustafa Kamal.

"Saya kira bisa terbuka untuk membangun komunikasi dan koalisi dengan seluruh partai yang ditingkat pusat berada di pemerintahan ataupun di luar pemerintahan. Kita terbuka semuanya," kata Mustafa di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Terkait kemungkinan nama putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk didukung PKS, dia belum bisa memastikan. Dia hanya mengatakan semua pihak yang memiliki kompetensi bisa saja didukung PKS.

"Setiap anak bangsa yang mempunya kapasitas, potensi untuk menjadi pemimpin negeri ini kita akan dorong sepenuhnya dengan satu komitmen kesamaan visi untuk membangun bangsa dan negara," ungkap Mustafa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Harap Indonesia Jadi Rujukan Pelajaran Peradaban Islam

Posted: 25 Nov 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri pertemuan para ahli yang diselenggarakan Universitas Islam Internasional (UIII). Dalam acara itu, hadir para ahli mulai Universitas di Maroko, Kanada, Inggris, Australia, hingga Tunisia.

Ma'ruf berharap dengan adanya pertemuan ini Indonesia jadi rujukan untuk mempelajari peradaban Islam secara umum. Sebab menurut dia, Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam.

"Indonesia sebagai rujukan dalam mempelajari peradaban Islam, dibutuhkan pusat penelitian dan ilmu pengetahuan yang berkualitas," kata Ma'ruf di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Ma'ruf berharap dengan adanya UIII bisa jadi garda terdepan dalam kajian Islam secara umum. Serta kata dia, jadi kiblat dunia dalam bidang kajian Islam Indonesia.

"UIII juga diharapkan menjadi pusat penyebaran kebudayaan dan peradaban Islam yang modern, toleran, dan berkemajuan," ungkap Ma'ruf Amin.

 

Majukan UIII

Ma'ruf juga meminta UIII agar membuat pendekatan kajian Islam menggabungkan dua hal. Yaitu kajian Islam penguasaan ilmu-ilmu agama Islam (tafaqquh fid dîn) yang juga disebut kajian normatif. Dan pengkajian atau penelitian pada masyarakat Islam yang juga disebut kajian empiris.

"UIII diharapkan juga menjadi duta dalam mempromosikan Indonesia sebagai referensi kompatibilitas Islam dan demokrasi, serta rujukan dunia bagi perwujudan Islam yang rahmatan lil 'alamiin," ungkap Ma'ruf.

Kemudian dia juga berharap lulusan UIII diharapkan menjadi ahli, ilmuwan atau pemikir, serta cendekiawan Muslim terkemuka yang moderat, demokratis, humanis dan berwawasan global. Serta kata dia, dalam pertemuan tersebut dapat dikaji kembali mulai dari visi, kurikulum hingga sumber daya manusia untuk UIII.

"Oleh karena itu, saya mengharapkan agar para pakar dan cendekiawan yang hadir dapat memberikan masukan untuk memperkaya referensi bagi pengembangan UIII ke depan," ungkap Ma'ruf.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Penampakan Isi Rumah Adly Fairuz dan Angbeen Setelah Menikah, Berkonsep Klasik

Posted: 25 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Adly Fairuz makin serius menjalin hubungan dengan  Angbeen Rishi. Adly dan Angbeen sudah pacaran selama 3 tahun lamanya dan kini semakin mendekati hari pernikahan. Bahkan, Adly dan Angbeen sudah resmi bertunangan pada 25 November 2018 lalu. 

Pasangan yang berbeda usia 10 tahun ini selalu tampil kompak dan mesra di depan publik. Menjelang menikah, Adly Fairuz dan Angbeen mulai mempersiapkan berbagai hal termasuk rumah.

Menurut Adly di video YouTube Donita Adi TV, Adly dan Angbeen akan tinggal sementara di rumah Angbeen Rishi setelah menikah sambil menunggu rumah baru jadi.

"Rumah kita bersama, habis nikah mungkin kita akan tinggal di sini dulu sebentar, soalnya menunggu rumah sedang dibangun," jawab Adly Fairuz saat menanggapi pertanyaan Donita tentang rumah ini milik siapa di video YouTube berjudul EXCLUSIVE! RUMAH MEWAH PERNIKAHAN ADLY FAIRUZ ANGBEEN (22/11/2019).

Video berdurasi 13:19 menit ini menampilkan penampakan isi rumah Adly Fairuz dan Angbeen Rishi yang berkonsep klasik. Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube Donita Adi TV, penampakan isi rumah Adly dan Angbeen, Selasa (26/11/2019).

1. Ini dia bagian luar rumah Adly dan Angbeen yang megah dan didominasi warna putih.

7 Penampakan Isi Rumah Adly Fairuz dan Angbeen Setelah Menikah, Berkonsep Klasik (sumber: YouTube Donita Adi TV)

2. Dari pintu depan langsung mengarah ke ruang tamu yang berkonsep klasik.

7 Penampakan Isi Rumah Adly Fairuz dan Angbeen Setelah Menikah, Berkonsep Klasik (sumber: YouTube Donita Adi TV)

3. Rumah pasangan yang sudah menjalin hubungan 3 tahun ini dilengkapi oleh ruangan home teater dan karaoke.

7 Penampakan Isi Rumah Adly Fairuz dan Angbeen Setelah Menikah, Berkonsep Klasik (sumber: YouTube Donita Adi TV)

4. Ada dua lantai di rumah pasangan beda usia 10 tahun. Di samping tangga menuju lantai dua terdapat banyak pajangan foto dari keluarga Angbeen Rishi.

7 Penampakan Isi Rumah Adly Fairuz dan Angbeen Setelah Menikah, Berkonsep Klasik (sumber: YouTube Donita Adi TV)

5. Dapur rumah pun sangat elegan dengan dekorasi serba warna putih.

7 Penampakan Isi Rumah Adly Fairuz dan Angbeen Setelah Menikah, Berkonsep Klasik (sumber: YouTube Donita Adi TV)

6. Dekat dapur terdapat ruang makan keluarga yang tampak sederhana.

7 Penampakan Isi Rumah Adly Fairuz dan Angbeen Setelah Menikah, Berkonsep Klasik (sumber: YouTube Donita Adi TV)

7. Rumah Adly dan Angbeen dilengkapi dengan kolam renang. Bahkan di dekat kolam renang terdapat Jacuzzi. Sayangnya jacuzzi tidak bisa terpakai karena kurang terurus.

7 Penampakan Isi Rumah Adly Fairuz dan Angbeen Setelah Menikah, Berkonsep Klasik (sumber: YouTube Donita Adi TV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Resesi Global ke Indonesia Bakal Lebih Rendah dari Negara Tetangga

Posted: 25 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ekonomi global saat ini tengah menunjukan kondisi yang kurang baik. Pertumbuhan ekonomi mengalami perlambatan dan terjadi kontraksi perekonomian di beberapa negara.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kasan menyebutkan dampak yang terjadi dari kondisi ekonomi global terhadap Indonesia cukup rendah. Bila dibandingkan dengan beberapa negara tetangga di kawasan ASEAN.

Hal ini, kata dia, berdasakan keterbukaan ekonomi atau trade openness Indonesia yang lebih rendah dibanding negara tetangga.

"Trade openness suatu negara di catatan yang ada. Kita adalah negara dengan trade openness relatif lebih rendah dibanding negara ASEAN yang lain," kata dia, dalam acara proyeksi ekonomi 2020 Kabinet Baru dan Ancaman Resesi, di JS Luwansa, Jakarta, Selasa (26/11).

Dia mengungkapkan, negara dengan trade openness tinggi diantaranya adalah Singapura, Thailand, Vietnam dan Malaysia.

"Artinya, posisi ekspor impor terhadap PDB untuk Indonesia relatif lebi rendah dibandingkan dengan kondisi yang dialami oleh negara-negara ASEAN yang lain," ujarnya.

"Oleh karena itu, kerentanan ekonomi manakala resesi di global tentu juga akan lebih rendah," dia menambahkan.

Negara-negara dengan trade openness tersebut akan mendapat dampak yang cukup tinggi juga jika terjadi resesi global.

"Negara-negara dengan tingkat trade openness yang sangat tinggi maka dia akan mengalami dampak yang lebih berat dibanding yang lebih rendah," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Tak Jadi Resesi, Ekonomi Singapura Tumbuh 0,5 Persen

Ilustrasi bendera Singapura - Portrait (Wikimedia Commons)

Setelah beberapa kali terancam masuk jurang resesi, akhirnya Singapura berhasil menyelamatkan diri dan memulihkan kondisi ekonominya. Ekonomi Singapura tercatat tumbuh 0,5 persen, lebih tinggi dari proyeksi kuartal III 2019.

Mengutip laman CNBC, Jumat (22/11/2019), produk domestik bruto (PDB) Singapura naik 0,5 persen year on year. Angka ini sesuai dengan hasil jajak pendapat Reuters namun pertumbuhannya lebih tinggi 0,1 persen.

Pemerintah Singapura turut mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini menjadi 0,5 persen - 1 persen dari yang sebelumnya 0 persen - 1 persen.

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gabriel Lim menyatakan, ada stabilisasi dalam ekonomi global, meski pertumbuhan ekonomi yang dirasakan masih melemah.

"Sektor manufaktur Singapura juga bekerja lebih baik dari harapan," ujarnya.

Lebih rinci, pada periode Juli hingga September 2019, ekonomi Singapura tumbuh 2,1 persen dari kuartal sebelumnya. Angka tersebut lebih tinggi dari perkiraan awal sebesar 0,6 persen.

Sebelumnya, ekonomi Singapura melemah imbas dari perang dagang yang tak kunjung menemui titik akhir. Akibatnya, ekspor Singapura melemah dan memperlambat ekonomi negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cantiknya Kendall Jenner Saat Nonton American Football

Posted: 25 Nov 2019 09:40 PM PST

Model Kendall Jenner menikmati minuman saat menyaksikan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). Kendall Jenner datang bersama teman-temannya menyaksikan American Football tersebut. (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFP)

Model Kendall Jenner menikmati minuman saat menyaksikan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). Kendall Jenner datang bersama teman-temannya menyaksikan American Football tersebut. (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFP)

Model Kendall Jenner tersenyum selama paruh kedua pertandingan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). Kendall Jenner tampil cantik mengenakan jaket hitam. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Model Kendall Jenner tersenyum selama paruh kedua pertandingan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). Kendall Jenner tampil cantik mengenakan jaket hitam. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Model Kendall Jenner (kedua kiri) bersama teman-temannya saat menyaksikan pertandingan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFP)

Model Kendall Jenner (kedua kiri) bersama teman-temannya saat menyaksikan pertandingan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFP)

Model Kendall Jenner tersenyum selama paruh kedua pertandingan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). Kendall Jenner tampil cantik mengenakan jaket hitam. (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFP)

Model Kendall Jenner tersenyum selama paruh kedua pertandingan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). Kendall Jenner tampil cantik mengenakan jaket hitam. (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFP)

Model Kendall Jenner (kedua kiri) bersama teman-temannya saat menyaksikan pertandingan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFP)

Model Kendall Jenner (kedua kiri) bersama teman-temannya saat menyaksikan pertandingan Los Angeles Rams dan Baltimore Ravens di Los Angeles Memorial Coliseum di Los Angeles, California (25/11/2019). (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Minta Pemerintah Fasilitasi Pengembangan Motor Listrik

Posted: 25 Nov 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Induatri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah untuk memulai program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) dari sepeda motor.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Johnny Darmawan menilai, kendaraan roda dua berbasis listrik saat ini lebih siap dikembangkan secara industri di dalam negeri.

"Sepeda motor listrik itu teknologinya sudah banyak. Di Tiongkok sudah banyak kembangkan itu. Kenapa tidak dicoba itu dulu?" ujar dia di sela-sela acara Electric Vehicle Indonesia Forum and Exhibition 2019 di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Johnny menyayangkan keberadaan Peraturan Presiden (PP) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang belum merinci terkait pengembangan sepeda motor listrik.

Menurutnya, jika pemerintah memfasilitasi pengadaan motor listrik dalam suatu kebijakan, ia yakin produksi sepeda motor untuk 5 tahun ke depan bisa mencapai 4 juta unit serta menggantikan posisi sepeda motor konvensional.

Lebih lanjut, Johnny turut menyoroti harga baterai bagi kendaraan bermotor listrik roda empat atau mobil yang masih terlalu tinggi.

Dia menganggap, maraknya penggunaan motor listrik akan ikut menekan harga baterai. Pasalnya, dengan banyaknya penggunaan sepeda motor listrik, penjualan baterai listrik pun akan terangkat. Sehingga modal akan berputar dan biaya produksi baterai jadi lebih murah.

"Kalau menunggu mobil, mulainya lama, kapan harga baterai akan turun," cibir Johnny.

Indonesia Kejar Target Besar Produksi Motor Listrik 2 Juta Unit pada 2025

Pengendara motor listrik mengikuti karnaval kendaraan listrik di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (27/10/2019). Karnaval kendaraan listrik ini bertajuk, Jakarta Langit Biru. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, industri kendaraan listrik di Indonesia diyakini bakal berkembang lebih luas. Hal tersebut, dengan didukung sudah ditandatanganinya Peraturan Presiden terkait percepatan kendaraan listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan oleh Presiden Joko Widodo.

Tidak hanya mobil listrik, pemerintah juga menargetkan populasi motor listrik mencapai 2 juta unit pada tahun 2025. Jumlah tersebut merupakan 20 persen dari total produksi roda dua di Indonesia yang akan menyentuh angka 10 juta unit. 

"Saat ini, pertumbuhan produksinya terus meningkat. Pada 2018 sebesar 7 juta unit. Peningkatan produksi tersebut tidak hanya untuk memenuhi pasar dalam negeri melainkan untuk memenuhi target ekspor 1 juta kendaraan di tahun 2025," ungkap Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menperin menegaskan, industri sepeda motor merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis dan mendapat prioritas pengembangan. Hal ini, karena industri sepeda motor memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Di tengah perlambatan pasar sepeda motor global, industri sepeda motor nasional justru mengalami peningkatan dengan mengalami pertumbuhan sebesar 14 persen pada semester pertama 2019," ujarnya.

Sementara itu, ekspor sepeda motor dari Indonesia pun tumbuh pesat pada 2018 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 44,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Angka tersebut menunjukkan bahwa industri sepeda motor Indonesia telah mencapai daya saing yang cukup baik untuk pasar lokal maupun global. Kami percaya bahwa produksi dan ekspor sepeda motor akan terus tumbuh pada tahun-tahun mendatang," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amankan Natal dan Tahun Baru, Direksi Garuda Siap Lembur

Posted: 25 Nov 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) tengah melakukan berbagai persiapan operasional dan layanan untuk angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2019-2020.

Ada hal yang unik dalam persiapan menghadapi libur Nataru tahun ini, yaitu seluruh jajaran Direksi bakal terjun langsung ke posko Nataru.

"Jadi posko nataru akan diadakan di semua bandara ada petugas termasuk direksi juga tersebar di berbagai bandara. Presdir juga tidak cuti akan standby, Ini hal penting yang perlu kita lakukan, komitmem dari perusahaan," jelas Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Pikri Ilham Kurniansyah di Kemenetrian BUMN, Selasa (26/11/2019).

Tidak hanya itu, Pikri menjelaskan persiapan Garuda Indonesia lainnya yaitu melalui pengujian sistem informasi teknologi (IT). Diantaranya adalah melakukan pengecekan pada mesin-mesin check-in.

"Kita memeriksa semua peralatan kita, bus penghubung kita, alat check-in, sistem jaringan kita. Kita juga meminta dukungan Angkasa Pura I dan II untuk mempersiapkan jangan sampai sistem cek ini mati. Kita minta mereka cek lagi," katanya.

 

Edukasi

Pesawat Garuda Indonesia terparkir di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). Maskapai penerbangan Garuda Indonesia  mengeluarkan kebijakan terbaru terkait pengambilan gambar ataupun video di dalam pesawat oleh penumpang ataupun awak kabin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di samping itu, pihaknya juga melakukan edukasi terhadap penumpang selama nataru. Program edukasi dilakukan melalui sosial media terkait persiapa perjalanan serta barang bawaan dan flow check-in yang praktis.

"Kalau bisa mereka datang lebih awal di bandara, membeli bagasi lebih di kounter. Penting menentukan jadwal yang mau mudik juga karena kalau tidak dikhawatirkan penuh," tandasnya

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Garuda Indonesia Operasikan Pesawat Jumbo Hadapi Libur Nataru

Pesawat Garuda Indonesia terparkir di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). Maskapai penerbangan Garuda Indonesia  mengeluarkan kebijakan terbaru terkait pengambilan gambar ataupun video di dalam pesawat oleh penumpang ataupun awak kabin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Garuda Indonesia akan menyiapkan pesawat berbadan lebar jenis Boeing dan Airbus untuk mengangkut lonjakan penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2019-2020. Pesawat berukuran besar ini, nantinya diperuntulan untuk mengangkut rute-rute gemuk pada saat nataru.

Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, ada dua pesawat jumbo yang akan diberangkatkan pada periode nataru yang diperkirakan mulai 20 Desember 2019 sampai dengan 6 Januari 2020. Kedua pesawat itu yakniBoeing 777-300 dengan kapasitas 393 orang dan Airbus 330-900 kapasitas 314 orang.

"Daerah daerah yang memang besar. Kalau kita liat Cengkareng-Denpasar kapasitas besar. Surabaya juga, bisa dengan pesawat pesawat berbadan besar. Kalau masyarakat ingin coba pesawat berbadan lebar bisa dinikmati," katanya dalam acara ngopi BUMN di Jakarta, Selasa (26/11).

Pikri mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pengalaman baru kepada masyarakat dengan pesawat-pesawat mewah berbadan lebar. Apalagi, pesawat jenis Airbus 330-900 ini juga belum lama diterima Garuda Indonesia.

"Kita berikan layanan terbaik kepada masyarakat untuk berlibur Nataru," imbuh dia.

Sementara itu, untuk daerah-daerah tujuan destinasi wisata seperti Labuan Bajo, Yogyaarta dan lainnya pihaknya tetap akan menggunakan pesawat biasa. Mengingat bandara-bandara tersebut, juga tidak bisa menampung pesawat berbadan lebar.

"Labuan Bajo paling tinggi tidak bisa pesawat berbadan besar kita tambah dengan pesawat sejenis," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen Nadiem Makarim Goyang Maumere di Hari Guru Nasional

Posted: 25 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mempimpin upacara peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019.

Setelah melakukan upacara, Mendikbud Nadiem Makarim beserta istri dan jajaran ASN Kemendikbud berjoget maumere bersama-sama.

Sementara itu, video Top 6 lainnya yang tak kalah menyita perhatian datang dari Solo, Jawa Tengah.

Masih dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November, siswa dan siswi di Solo menyelenggarakan lomba antarsiswa dan guru untuk memperingati Hari Guru Nasional.

Saksikan informasi lainnya, dalam Top 6 video di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Unjuk Rasa di Chile, 26 Warga Tewas

Posted: 25 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aksi unjuk rasa menentang pemerintah masih berlanjut di Chile. Sejak demonstrasi pecah tercatat 26 warga tewas dan ribuan lainnya alami luka-luka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewandowski Jadi Panutan Striker Timnas Indonesia U-22

Posted: 25 Nov 2019 09:30 PM PST

Manila - Muhammad Rafli mengemban tugas berat bersama Timnas Indonesia U-22di ajang SEA Games 2019. Pemain Arema FC ini menjadi satu-satunya pemain berstatus penyerang murni yang dibawa Pelatih Indra Sjafri dari 20 nama yang ada.

Uniknya, posisi asli Rafli sebenarnya bukan striker. Bersama Arema FC, ia diplot sebagai gelandang. Namun, Indra Sjafri mengubah perannya menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia U-22.

"Dari dulu memang saya berperan sebagai striker. Tapi, menjadi gelandang di Arema FC. Sudah terbiasa juga. Meski memang belum bisa 100 persen di dua posisi itu," kata Rafli.

Kini sebagai juru gedor, Rafli terinspirasi untuk menjadi seperti role model-nya. Penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski, dan striker Chelsea, Olivier Giroud, adalah inspirasinya di atas lapangan.

"Kalau striker, Lewandowksi dan Giroud. Mulanya tidak terpikir karena berposisi sebagai pemain tengah," imbuh Rafli.

Rafli akan menjadi andalan Indra Sjafri saat Timnas Indonesia U-22 melakoni partai pertama di SEA Games 2019. Tergabung di Grup B, tim berjulukan Garuda Muda ini ditantang Thailand pada Selasa (26/11/2019) di Rizal Memorial Stadium, Filipina.

Ada Beban, tapi Enjoy

(Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sebagai penyerang tunggal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019, akan menjadi kebohongan jika Rafli mengaku tak punya beban. Namun, pemain berusia 21 tahun ini mencoba menikmati harapan tinggi dari publik dan PSSI.

"Persiapan pribadi saya biasa saja. Kalau untuk beban, semua pemain pasti terbebani. Tapi, kami ingin enjoy dan menunjukkan kemampuan di lapangan," imbuhnya.

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Restui Pertamina Gandeng Mitra Tingkatkan Produksi Migas

Posted: 25 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberi lampu hijau ke PT Pertamina (Persero) untuk‎ mencari mitra dalam memproduksi minyak dan gas bumi (migas).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, ada dua strategi untuk mengoptimalisasi produksi migas nasional yang dilakukan Pertamina. Strategi jangka pendek adalah memperkuat kapasitas keuangan dan teknis. Pemerintah akan mengizinkan Pertamina bergandeng mitra-mitra terpecaya guna meningkat aliran modal ke dalam negeri.

"Strategi j‎angka panjang, mempertahankan tingkat produksi yang ada, mengubah sumber daya alam menjadi cadangan, melaksanakan EOR dan meningkat eksplorasi‎," kata kata Arifin, saat menghadiri Pertamina Energy Forum, di Jakarta, Se‎lasa (26/11/2019).‎

Dia mengungkapkan,‎ saat ini sumber energi primer Indonesia masih mengandalkan energi fosil. Disisi lain pemerintah mendorong peningkatan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan target 23 persen pada 2019.

‎"Pasokan energi primer di Indonesia masih didominasi oleh energi fosil. Meskipun pangsa minyak dalam bauran energi berkurang, minyak masih memegang peran yang signifikan," tuturnya.

 

Tignkatkan Produksi

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Menurut Arifin, sebagai perusahaan energ‎i nasional, Pertamina harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan migas dalam negeri. Caranya dengan meningkatan produksi migas dan membangun infrastrutur.

"Guna memenuhi kebutuhan pertumbuhan kebutuhan energi dalam negeri, Pertamina bekerja keras untuk mencapai target pemerintah terkait peningkatan produksi dan cadangan migas maupun membangun infrastruktur migas,"‎ tandasnya.

Pertamina Targetkan Produksi Migas 1 Juta Barel per Hari di 2020

Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina

PT Pertamina (Persero) menargetkan produksi minyak dan gasnya mengalami peningkatan pada 2020. Hal ini merupakan lanjutan tren kenaikan produksi sejak 2015.

Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan H. Samsu mengatakan, Pertamina memperkirakan produksi migas 2019 akan berada pada kisaran 910 ribu barel setara minyak per hari (Barel Oil Equivalent Per Day/BOEPD).

Produksi migas Pertamina diharapkan relatif stabil dari pencapaian produksi tahun lalu. Sementara target pada 2020, akan berada pada kisaran 923 ribu BOEPD.

"Migas adalah energi yang tidak terbarukan, dan semua lapangan pasti akan menghadapi laju penurunan produksi alamiah," kata Dharmawan, di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Untuk 2021, Pertamina menargetkan produksi di kisaran 1 juta barel BOEPD dan ditargetkan akan seterusnya naik di tahun-tahun berikutnya.

Menurut Dharmawan, saat ini perusahaan melalui anak usaha sektor hulu mengelola lapangan yang mayoritas sudah berproduksi sejak lama. Termasuk kategori mature fields dengan angka laju penurunan alamiahnya (natural decline) dapat mencapai 50 persen.

Dia menambahkan, menahan laju penurunan alamiah merupakan tantangan utama yang berhasil dikelola dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan lapangan-lapangan tersebut bertahan untuk berproduksi dengan laju pengurasan secara agregat yang jauh lebih rendah bahkan mendekati 0 persen.

Untuk itu, strategi pengelolaan wilayah kerja yang sudah ada saat ini dilakukan dengan cara menciptakan siklus kehidupan kedua (second life cycle creation) bagi lapangan yang sudah mature tersebut.

"Mempertahankan laju penurunan yang stabil terhadap derasnya laju penurunan alamiah memperlihatkan besarnya upaya yang signifikan yang dicapai melalui inovasi-inovasi yang intensif," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Curhatan Netizen Soal Hidup Boros Ini Bikin Nyesek

Posted: 25 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjalani kehidupan memang tak selamanya bisa berjalan dengan sempurna. Apalagi jika menyangkut masalah percintaan. Tak sedikit netizen yang mengeluh soal asmara kepada teman.

Namun ada pula yang memilih untuk mencurahkan perasaannya di media sosial. Mulai dari menuliskan quote mengenai asmara, hingga sindiran berupa kode yang ditujukan untuk seseorang.

Seperti akun Twitter @andihiyat yang menuliskan curhatan soal betapa borosnya memberikan rasa percaya kepada seseorang. Namun, hal berbeda justru ditanggapi oleh netizen lain. Mereka justru mengaitkan soal rasa boros tersebut dengan asmara.

Tak sedikit curhatan netizen di balasan cuitan akun Twitter @andihiyat ini justru terlihat cukup menyesakkan. Dirangkum Liputan6.com dari akun Twiitter @andihiyat, Selasa (26/11/2019) berikut ini beberapa curhatan netizen soal betapa borosnya mereka yang bisa bikin kamu nyesek sekaligus geleng kepala.

1. Bisa dijadikan pelajaran nih.

Curhatan netizen (Sumber: Twitter/andihiyat)

2. Harus bisa meluangkan waktu nih untuk mengisi hari-hari saat jomblo.

Curhatan netizen (Sumber: Twitter/Danna_prayoga)

3. Duh, ini kok bikin sedih ya.

Curhatan netizen (Sumber: Twitter/siomdojan)

4. Rajin pakai skincare mungkin bisa membantu nih.

Curhatan netizen (Sumber: Twitter/alfathindramin)

5. Jangan terlalu boros sayang sama orang, nanti kalau ditinggal sakit.

Curhatan netizen (Sumber: Twitter/sekedarberujar)

6. Rajin berhemat dan menabung ya.

Curhatan netizen (Sumber: Twitter/nandhahas)

7. Harus bisa merelakan dengan ikhlas ya.

Curhatan netizen (Sumber: Twitter/_bonyookk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Tegaskan KPI Tak Bisa Blokir Netflix Cs

Posted: 25 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia, menegaskan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak akan memiliki wewenang untuk menghentikan konten layanan video streaming seperti Netflix dan YouTube.

Hal yang bisa dilakukan KPI terhadap layanan-layanan tersebut adalah membuat laporan seperti masyarakat jika ada konten yang dianggap melanggar peraturan di Indonesia.

"Keinginan KPI ikut juga mengawasi semua media multiplatform (layanan video streaming) itu tidak mungkin. Akhirnya kami usulkan mereka mengawasi di luar lembaga penyiaran, tapi bukan berarti mereka bisa mencabut," kata Gery.

"KPI hanya bisa sekadar merekomendasikan bahwa program siaran di Netflix atau di streaming lainnya itu melanggar aturan apa, P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran) atau aturan undang-undang lainnya," sambungnya.

Ditegaskan Gery, Netlix cs mengikuti aturan yang tertuang di UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"KPI kirim aduan, nanti ada tim yang menentukan apakah melanggar aturan atau tidak. Aturan mainnya menuruti UU ITE, proses take down berdasarkan UU ITE," tuturnya.

 

Usulan untuk RUU Penyiaran

Ketentuan soal KPI tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam usulan Kominfo untuk RUU Penyiaran.

Di sisi lain, Kemkominfo pun mengusulkan penguatan KPI termasuk wewenang pemberian sanksi denda dan pencabutan izin program siaran televisi yang dianggap melanggar aturan.

RUU Penyiaran merupakan inisiatif DPR, serta menjadi Prolegnas Prioritas dan ditargetkan selesai pada 2020.

Revisi RUU Penyiaran telah menjadi bagian dari Prolegnas dua masa kerja lalu, 2009 - 2014 dan 2014 - 2019, tapi belum juga selesai dibahas.

Dalam rapat kerja Kemkominfo dengan Komisi I DPR pada 5 November 2019, revisi RUU ini disepakati kembali menjadi Prolegnas Prioritas.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Corbuzier Pamer Otot di Kolam Renang, Wanita Ini Bikin Salah Fokus

Posted: 25 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier dikenal sebagai salah satu selebriti yang memiliki tubuh berotot. Terang saja, ia memiliki gym sendiri dan rajin menggunakannya. Bahkan, ia kerap memamerkannya di media sosial.

Pada unggahan terbarunya di Instagram, Deddy Corbuzier memamerkan pose saat sedang duduk santai di area kolam renang. Ia hanya mengenakan kacamata dan celana pendek sambil membawa handuk.

"My body is on Vacation... However my mind.... Anw.. Be happy, Be ur self, it drives people crazy. #deddycorbuzier," tulis Deddy Corbuzier dalam keterangan foto, Minggu (24/11/2019).

Salah Fokus

Deddy Corbuzier. (Instagram @mastercorbuzier)

Potret terbaru Dedy Corbuzier ini mendapat beragam tanggapan. Beberapa warganet, tampak salah fokus dengan terlihatnya seorang wanita yang tengah berjemur tengkurap di belakang Deddy.

Komentar Warganet

Deddy Corbuzier balas dendam pada Pandji Pragiwaksono di panggung JICOMFEST 2019. (Bambang E. Ros/Fimela.com)

"Galfok sm yg belakang😂," ujar @babayuba6.

"Salfok woy belakang kau! 😂," kata @renoex.

"Salfok ama yg diblur," celetuk @kingoktova.

Disorot Artis Lain

Namun begitu, beberapa selebriti seolah menghiraukan sosok wanita di belakang Deddy. Mereka malah berkelakar dengan meledek bentuk tubuh Deddy.

Komentar Para Artis

"Kak, mau tanya kalo betis bisa dibikin sixpack," tulis Gilang Dirga. Deddy pun membalas, "Djanc***k."

"Kak, gimana cara bikin kepala berotot?" celetuk Anji.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Dahsyat di Yunani Tewaskan Tiga Orang

Posted: 25 Nov 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Athena - Yunani diterjang badai. Dua orang yang sedang berada di atas kapal dan seorang nenek jadi korban tewas. Badai di bagian barat Yunani ini mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Dilaporkan AFP, Selasa (26/11/2019), badai ini mulai terjadi pada Minggu 24 November waktu setempat. Badan meteorologi Yunani menyebutnya sebagai Geryon, raksasa di mitologi Yunani.

Seorang tewas ketika kapal pesiar mereka tenggelam di dekat Kota Antirio, di bagian barat Yunani. Di lokasi lain, mengutip ekathimerini, seorang nenek meninggal di rumahnya yang banjir di kepulauan Rhode.

Kota Kineta di bagian barat ibu kota Athena juga luluh lantak akibat tanah longsor yang memutuskan jalur darat. Sekolah-sekolah di wilayah kota Athena pun terlambat dibuka karena masalah cuaca.

Menurut AFP, Kota Kinetta juga menutup jalur rel yang menghubungkan ke ibu kota Athena di wilayah tenggara. Pada hari Senin 25 November, pekerja sudah mulai membersihkan lumpur, batu, dan pepohonan di jalanan.

Pasukan pemadam kebakaran juga mendapat lusinan panggilan untuk memompa air dari berbagai bangunan. Sementara, layanan kapal feri yang menghubungkan kepulauan Kyklades dan Pelabuhan Rafina dan Lavrion juga ditutup.

Menurut situs berita lokal Keep Talking Greece, daerah Yunani Barat masuk kategori merah atau sangat berbahaya. Wilayah kota Athena di wilayah Attika masuk kategori kuning, dan daerah timur seperti kepulauan Aegean masuk kategori hijau.

Badai Geryon

Warga memeriksa jalan yang rusak setelah badai di desa Kineta, Athena (25/11/2019). Ratusan rumah terendam banjir setelah badai semalam menerjang daerah barat Athena. (AP Photo/Petros Giannakouris)

Banjir di wilayah Attika yang berada di sekitar Athena tercatat makin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir, akibat adanya deforestasi yang dipicu kebakaran hutan.

Pada November 2017, tanah longsor akibat hujan deras membunuh 23 orang di kota Mandra, di bagian barat Athena.

Istilah Geryon sendiri merepresentasikan sosok berkepala tiga di mitologi Yunani. Ia adalah cucu dari Medusa dan bertempat tinggal di pulau Erytheia, bagian barat Mediterania.

Geryon pun akhirnya dibunuh oleh Hercules sebagai bagian dari 12 tugas sang pahlawan. Ketika berhadapan dengan Hercules, raksasa itu membawa tiga perisai dan tiga tombak.

Melanda Banyak Wilayah Eropa

Seorang pria membawa barang miliknya dari rumahnya yang rusak ke mobilnya setelah badai di desa Kineta, Athena (25/11/2019). Pihak berwenang di Yunani mengatakan dua orang telah tewas dan ratusan lainnya luka-luka. (AP Photo/Petros Giannakouris)

Korban badai dahsyat ini juga ada di negara-negara Eropa lain seperti Prancis dan Italia. Jumlah korban pun masih terus bertambah. 

AP News melaporkan setidaknya ada sembilan orang meninggal. Banjir pun melanda Prancis, Italia, dan Yunani.

Di wilayah utara Italia, seorang wanita ditemukan tewas akibat arus dari sungai menerjang mobilnya. Korban pun diduga masih ada lagi karena adanya tanah longsor di dekat kota Savona yang banjir.

Di wilayah Var, Prancis, empat orang disebut meninggal, termasuk pasangan manula yang moblnya tenggelam. Banjir di Prancis sudah surut, tetapi warga masih enggan pulang ke rumah.

Seorang lagi di Yunani juga disebutkan meninggal akibat berenang di laut yang sedang dilanda badai.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Pengangguran, Pemkab Sidoarjo Terapkan Program Kegiatan 1.000 Wirausaha

Posted: 25 Nov 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo berupaya mengurangi pengangguran dan meningkatkan peluang pekerjaan bagi masyarakat lewat program kegiatan 1.000 wirausaha baru.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo telah melaksanakan program tersebut dari awal 2019 hingga akhir tahun anggaran 2019. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Moh. Ainur Rahman menuturkan, kegiatan ini merupakan tahapan akhir dari sebuah proses kegiatan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro di tahun 2019 untuk mencetak para wirausaha baru yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Sosialisasi program dan pengumpulan data dilakukan di delapan Kecamatan yang menjadi fokus pada kegiatan ini yaitu kecamatan Prambon, Balongbendo, Tarik, Tulangan, Wonoayu Porong, Krembung dan Jabon, yang dalam tahapan ini peserta dikumpulkan untuk diberikan arahan dan motivasi untuk berani berkembang dan maju menjadi pengusaha yang lebih baik.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran serta meningkatkan peluang pekerjaan bagi masyarakat untuk mencetak wirausaha baru dengan menumbuh kembangkan wirausaha masyarakat serta membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat kecil serta dapat menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Sidoarjo," kata dia, ditulis Selasa, 26 November 2019.

Pada kesempatan ini dilaksanakan wisuda 1.000 wirausaha baru yang secara simbolis diwakili oleh 10 UMKM pilihan oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Saiful Ilah berharap, ada program wirausaha baru ini, pelaku UMKM  dapat terus konsisten dan berkomitmen menjadi pelaku usaha yang menghasilkan produk-produk usaha yang dapat menjadi mata pencaharian di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Semoga program kegiatan wirausaha baru ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam mewujudkan program program pembangunan perekonomian masyarakat," tuturnya.

10 UMKM Unggulan

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan 1.000 wirausaha baru. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sepanjang kegiatan pelatihan dan pembinaan ini telah terpilih 10 UMKM unggulan yang produknya tidak hanya menarik dan bernilai jual, namun pemiliknya memiliki keinginan tinggi untuk maju dan berkembang untuk kemudian dilakukan pembinaan khusus untuk 10 UMKM unggulan agar dapat menjadi contoh bagi peserta UMKM yang lain.

10 UMKM terpilih yaitu terpilih Ibu Siti Mustiani dengan produksi olahan keripik usus pedas dengan nama produksi kobong, Starla Education yang membuat aplikasi untuk seluruh kebutuhan belajar, Siti Khodijah dengan nama produk Kemecer yang merupakan minuman segar menyehatkan dan banyak khasiat.

Selanjutnya, Yuni Susanti dengan nama produk Jun SA yang merupakan kerajinan fashion dipadukan dengan seni rajut yang unik dan fashionable, Vivi Riana dengan nama produk Tuman atau Tuna Maknyus yang merupakan olahan tuna sehat dalam kemasan praktis, Fitria Anggraini dengan nama produk AJT yang merupakan tas kemasan ramah lingkungan.

Agus Sugiantoro nama produk Capcin Toki merupakan perpaduan menu minuman cincau dengan minuman favorit anak muda cappucino, Linda Pangestuti dengan nama produk Batik Habit yang memadukan antara etnik rotan sintetis dengan keluhuran budaya batik Sidoarjo.

Kemudian, Maria Novita dengan nama produk Galeri Raditajaya merupakan fashion premium dengan action hand printing dan yang terakhir Fila Chandra dengan produknya Tepung Bumbu Sahabat Bunda Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Frozen 2 Libatkan Animator Indonesia, Simak Wawancara Eksklusifnya

Posted: 25 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses dengan film pertamanya di tahun 2013 lalu, akhirnya Disney mengeluarkan sekuel bertajuk Frozen II.

Di balik layar pengerjaan film [Frozen II](https://www.liputan6.com/tag/frozen-2 "") ini tentunya hadir orang-orang yang berkontribusi untuk memperindah visual film tersebut.

Salah satunya ialah Griselda Sastrawinata berdarah Indonesia, ia menjabat sebagai Visual Development Artist film Frozen II. Pernah tinggal di Jakarta selama 15 tahun, Griselda Sastrawinata bergabung dengan Walt Disney Animation Studios pada 2015. 

Pada kesempatan kali ini Liputan6.com mewawancarai secara eksklusif dengan Griselda Sastrawinata dan suaminya, Normand Lemay yang juga bertanggung jawab sebagai Head of Story Frozen II. Saksikan selengkapnya di channel Liputan6.com hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di TVRI

Posted: 25 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Thailand di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, pada laga pertama Grup B SEA Games. Pertandingan ini bakal berlangsung pada Selasa (26/11/2019) pukul 15.30 WIB.

Bagi Timnas Indonesia U-22, laga ini menjadi partai ulang di SEA Games Malaysia, dua tahun lalu. Ketika itu, Timnas Indonesia U-22 berbagi poin dengan Thailand di fase grup. Pertandingan berakhir imbang 1-1.

Namun, hasil tersebut tak bisa dijadikan acuan lagi. Apalagi Thailand saat ini diasuh oleh pelatih kelas dunia Akira Nishino. Pelatih asal Jepang itu sejatinya adalah juru taktik timnas senior.

Akira Nishino terpaksa turun gunung agar Thailand bisa mempertahankan medali emas pada SEA Games 2019. Meski demikian, pelatih Indra Sjafri tak gentar dan menegaskan timnya punya peluang untuk mengalahkan Thailand.

Pertandingan di Grup B SEA Games 2019 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand bakal disiarkan langsung pada pukul 15.00 WIB di TVRI. Link live streaming bisa didapatkan di tautan ini.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Thailand (4-4-2): Nont Muangngam (kiper), Shinnapat Leeaoh, Sarayut Sompim, Saringkan Promsupa, Chatchai Saengdao (belakang), Supachok Sarachat, Kritsada Kaman, Jaroensak Wonggorn, Wisarut Imura (tengah), Supachai Jaided, Sitichok Paso (depan)

Pelatih: Akira Nishino (Jepang)

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata (kiper), Asnawi Bahar, Bagas Adi, Andy Setyo, Firza Andika (belakang), Evan Dimas, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu (tengah), Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Muhammad Rafli (depan)

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

 

Jadwal Sepak Bola SEA Games

25 November 2019

Vietnam Vs Brunei Darussalam

Binan Football Stadium

26 November 2019

Thailand Vs Timnas Indonesia U-22

Laos Vs Singapura

Rizal Memorial Stadium

28 November 2019

Vietnam Vs Laos

Binan Football Stadium

Brunei Darussalam Vs Thailand

Timnas Indonesia U-22 Vs Singapura

Rizal Memorial Stadium

1 Desember 2019

Thailand Vs Singapura

Binan Football Stadium

Loas Vs Brunei Darussalam

Vietnam Vs Timnas Indonesia U-22

Rizal Memorial Stadium

3 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 Vs Brunei Darussalam

Binan Football Stadium

Laos Vs Thailand

Singapura Vs Vietnam

Rizal Memorial Stadium

5 Desember 2019

Brunei Darussalam Vs Singapura

Rizal Memorial Stadium

Timnas Indonesia U-22 Vs Laos

Imus Cavite

Vietnam Vs Thailand

Binan Football Stadium

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jual Beras ke BNI dan BRI Jadi Cara Bulog Bayar Utang?

Posted: 25 Nov 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog sedang menghadapi krisis keuangan lantaran terlilit utang Rp 28 triliun. Putar otak, BUMN perdagangan besar dan eceran ini menjual paket beras ke bank BUMN, yaitu BNI dan BRI.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyatakan, ini adalah salah satu solusi dan cara agar Bulog bisa bertahan.

"Kita tidak menyalahkan utang, ya, tapi ini adalah sebuah solusi bagaimana mengatasi itu," tuturnya usai Peresmian Toko Online PangananDotCom di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut, paket beras yang dijual kepada BNI berjumlah 25 ribu, yang berisi 5 kg beras premium dan 2 kg beras merah per paketnya. BNI sudah mendapat paket beras ini sejak Oktober 2019 lalu.

Sementara untuk BRI, Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI, Agus Noorsanto, menyatakan Bulog mensuplai 40 ribu paket beras bulan November ini.

"BRI sekitar 40 ribu paket karena karyawannya lebih banyak," tutur Agus.

Lebih lanjut, segala terobosan akan dilakukan oleh Bulog untuk membantu meningkatkan pendapatan. Selama ini, 80 persen porsi pendapatan perusahaan masih berasal dari penugasan pemerintah.

"Sekarang kita bicara komersial, next 50 persen komersial 50 persen penugasan. Siapa tahu ke depan bisa 80 persen komersial dan 20 persen penugasan, artinya kita kuat," imbuhnya.

Bulog Bakal Banjiri Toko Ritel dengan Beras Medium

Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Perum Bulog dan Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) menjalin kerjasama terkait penyediaan beras dan komoditi pangan pokok bagi konsumen. Lewat kesepakatan ini, Bulog akan turut menyediakan beras kualitas medium di toko ritel modern.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pihaknya akan menyalurkan sebanyak mungkin kebutuhan beras kualitas medium ke ritel modern guna menstabilkan harga hingga akhir 2019.

"Ini untuk jaga kestabilan harga sampai akhir tahun. Karena yang kita butuhkan adalah beras medium. Kalau beras premium kan hari ini sudah dibanjiri di seluruh pasar. Di ritel-ritel itu kan beras premium banyak sekali. Tapi yang medium itu yang tidak ada di ritel," tuturnya di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dengan begitu, pria yang akrab disapa Buwas ini menyatakan, Bulognantinya tak perlu lagi melakukan operasi pasar terkait penyaluran beras, sebab Bulog sudah masuk di dalam jejaring.

"Jadi nanti next kita tidak perlu lagi operasi pasar, tidak perlu lagi Bulog ada operasi-operasi karena langsung sudah ada di jejaring ini," ujar dia.

Namun begitu, ia menegaskan, Bulog tak akan lepas tangan dan terus mengikuti perkembangan situasi yang ada. Ini dilakukan guna menjaga kestabilan harga dan menekan inflasi.

"Mau atau tidaknya lonjakan (harga), tugas Bulog adalah untuk stabilisasi. Jadi jangan sampai ada lonjakan juga. Kestabilan juga penting, karena itu yang akan menstabilkan daripada inflasi. Kita menekan supaya tidak terjadi inflasi," katanya.

Pengusaha Ritel Siap Serap Beras Kualitas Premium Milik Bulog

Seorang kuli angkut menurunkan beras dari atas truk di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Senin (25/9). Pedagang beras Cipinang sudah menerapkan dan menyediakan beras medium dan beras premium sesuai harga eceran tertinggi (HET). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Perum Bulog menjalin kerja sama dengan Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) terkait penyediaan beras dan komoditas pangan pokok bagi konsumen. Nantinya pengusaha ritel siap menyerap beras milik Bulog.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) dan Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey yang turut disaksikan oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Hotel Arya Duta, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dalam sambutannya, Roy mengatakan, kerja sama ini digalang dengan tujuan untuk mendukung upaya penyediaan beras dan komoditas pangan pokok bagi konsumen dengan mutu yang baik dan harga sesuai ketentuan pemerintah.

"Kami mengajukan kepada pemerintah, tanda tangan dengan Bulog untuk penyerapan beras Bulog yang medium, tapi kualitas premium untuk bisa didagangkan di toko ritel modern, sehingga bisa diterima seluruh masyarakat Indonesia," ujar Roy.

Menurutnya, Aprindo yang beranggotakan 150 perusahaan ritel dengan 45 ribu gerai yang tersebar di 30 provinsi seluruh Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga keamanan distribusi barang dan stabilisasi harga, khususnya yang rentan akan fluktuasi harga.

Sementara itu, Buwas menyampaikan, melalui pelaksanaan kerja sama antara Perum Bulog dengan Aprindo ini, nantinya diharapkan agar seluruh proses dalam mewujudkan pemenuhan kebutuhan komoditi pangan pokok bagi masyarakat melalui Aprindo dapat ditangani secara baik dengan memanfaatkan kompetensi dari kedua belah pihak.

"Hal ini sangat penting untuk mendukung upaya pemerintah dalam meredam gejolak harga pangan yang tercermin dari stabilnya tingkat inflasi nasional khususnya inflasi bahan pangan," tuturnya.

"Dengan jumlah jaringan gudang mencapai lebih dari 1.400 unit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Bulog telah menjadi bagian dari kekuatan nasional untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dalam hal ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi harga," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investor Cerna Komentar Trump, Rupiah Menguat Tipis

Posted: 25 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Selasa ini. Rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.055 per dolar AS hingga 14.105 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (26/11/2019), rupiah dibuka di angka 14.084 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.085 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.077 per dolar AS hingga 14.087 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 2,11 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.081 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.091 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Selasa diprediksi masih akan melanjutkan penguatan.

"Dalam perdagangan hari ini rupiah kemungkinan akan menguat tipis terhadap dolar AS," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Pasar tengah mencerna komentar dari Presiden AS Donald Trump tentang China, yang meningkatkan harapan bahwa kedua belah pihak akan menandatangani kesepakatan perdagangan segera.

Trump mengatakan kesepakatan dengan China "berpotensi sangat dekat," dan juga mengindikasikan bahwa ia mungkin tidak menandatangani RUU yang disahkan minggu ini oleh kongres yang mendukung Hong Kong dalam upaya untuk menenangkan Beijing.

Ketegangan yang meningkat terkait persoalan Hong Kong, bagaimanapun telah muncul sebagai komplikasi baru dalam pembicaraan perdagangan, yang tampaknya membuat kemajuan kesepakatan perdagangan AS-China melambat.

Ibrahim memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.055 per dolar AS hingga 14.105 per dolar AS.

 

Jokowi Beberkan Cara agar Rupiah Bisa Taklukkan Dolar

Menyisihkan uang Rp 10.000 per hari untuk

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, rupiah tidak akan takut melawan dolar jika hilirisasi‎ komoditas mineral dan batubara (minerba) diterapkan, dia pun mengajak pelaku usaha pertambangan menerapkannya.

Jokowi mengatakan, ‎dengan adanya hilirisasi komoditas pertambangan akan mengurangi impor, salah satunya adalah hilirisasi batubara menjadi produk petrokimia dan Dimethyl Ether (DME) sebagai pengganti bahan baku Liqufied Petroleum Gas (LPG).

"Saya berikan contoh, batubara. Gasifikasi. Sekarang dengan teknologi, ternyata, saya juga baru tahu batubara bisa menjadi DME dan menjadi LPG bisa jadi petrokimia, metanol dll. Ngapain kita impor elpiji, ngapain kita impor petrokimia yang besar," kata Jokowi, saat menghadiri pemberian penghargaan IMA, di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, pada Rabu 20 November 2019.. 

Untuk diketahui, dari. 7,3 Metric Ton (MT) kebutuhan LPG Indonesia dalam satu tahun, 70 persennya atau 5,5 juta MT berasal dari impor.

Menurut Jokowi, dengan menurunnya impor‎ akan meredam defisit neraca perdagangan dan defisit neraca berjalan, sehingga akan memperkuat rupiah. Bahkan tidak ada lagi ketakutan dengan pelemahan rupiah terhadap dolar.

‎"Kalau kita Current Account Defisit dan neraca perdagangan selesai, tidak ada ketakutan mengenai rupiah dengan dolar dan mata uang lain, kan aman kita," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Gadis 14 Jam Ditahan Kepolisian Singapura, Alasannya Sepele

Posted: 25 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang gadis asal Indonesia, harus berurusan dengan polisi Singapura lantaran hal yang cukup sepele. Gadis pemilik akun Instagram @sharoniaparuntu ditahan polisi Singapura selama 14 jam lantaran bedak ketiak yang dia bawa dikira sebagai narkoba.

Melalui Story Instagram, Sharonia menceritakan kronologi kejadiannya. Hal ini berawal ketika dirinya hendak menghabiskan momen ulang tahunnya dengan menginap di sebuah hotel di Singapura.

Saat itu dua teman Sharonia terjebak di dalam kamar mandi. Sharonia akhirnya meminta petugas hotel membantunya. Rupanya saat itu, petugas hotel melihat tempat kecil berisi bubuk putih di kamar mandi hotel tersebut.

Tak berselang lama, kamar Sharonia digedor oleh beberapa anggota kepolisian yang didampingi oleh dua petugas hotel.

Sayangnya, pihak hotel dan polisi tak bertanya terlebih dahulu tentang bubuk putih yang nyatanya adalah bedak ketiak tersebut. Tanpa banyak bertanya, Sharonia dan teman-temannya ditahan selama 14 jam. Mereka bahkan dimasukkan ke dalam sel.

(@sharoniaparuntu/instagram.com)

"Mereka memenjarakan kita di ruang penjara dan kami semua tidur di lantai seperti hewan, padahal anjing saya saja mendapat tempat tidur yang lebih layak dan mendapat makan tiga kali sehari. Kami di kantor polisi cuma dikasih makan sekali," keterangan pada unggahannya Senin (25/11/2019).

Viral

(@sharoniaparuntu/instagram.com)

Kisah tak mengenakan ini juga diunggah kembali oleh akun Twitter @aMrazing yang dalam waktu singkat langsung mencuri perhatian publik. Banyak warganet yang membagikan pengalaman serupa.

"W bawa sunscreen aja tas ampe digledah wkwk," komentar akun @pevitaluv.

"Jd inget pernah jg ditahan lama di Bandara Singapura, gara2 dikira bawa gunting, dicari2 ga ketemu, bongkar semua barang ternyata penjepit bulu mata," kata @Banirestu.

"Aku jg pernah koh, sempet Ketahan di imigrasi soalnya bawa susu bubuk punya adek aku yg masih bayi trs dikira begituan juga, jiwa anak SMP aku panik dan takut," timpal @vernonxanin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim SAR Gabungan Berhasil Padamkan Api di KM Tanto Ceria

Posted: 25 Nov 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Tim SAR Gabungan berhasil memadamkan api di KM Tanto Ceria, yang terbakar di saat lego jangkar di alur pelayaran Surabaya, pada Selasa (26/11/2019).

"Tim SAR Gabungan melakukan pendinginan  di dalam KM Tanto Ceria. Pukul 10.40 WIB, pendinginan selesai api padam," tutur Kepala Kantor SAR Surabaya, Prasetya Budiarto.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mengerahkan satu tim penyelamat guna mengawal proses pemadaman KM (Kapal Motor) Tanto Ceria yang terbakar.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Prasetya Budiarto mengatakan, sebanyak delapan orang, terdiri dari rescuer dan ABK diberangkatkan menuju lokasi terbakarnya KM Tanto Ceria untuk melakukan siaga SAR selama pemadaman terhadap KM Tanto Ceria dilakukan.

"Siaga SAR ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi bila terjadi kondisi membahayakan jiwa manusia atau membutuhkan evakuasi. Siaga SAR ini dilakukan dengan menggunakan KN (Kapal Negara) Srikandi," tuturnya. 

 

Selanjutnya

KM Tanto ceria terbakar saat lego jangkar di alur pelayaran Surabaya pada Selasa, 26 November 2019. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain tim Kantor SAR Surabaya, turut serta unsur SAR dari beberapa pihak, di antaranya dari KPLP Tanjung Perak yang mengerahkan  KN Grantin, Polair Mabes Polri dan Ditpolair Polda Jatim, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak dan Syahbandar Gresik. 

"Upaya pemadaman pemadaman kebakaran di KM Tanto Ceria dilakukan oleh dua Kapal Tunda (Tug Boat) milik PT Pelindo III, yaitu dan KT Jayanegara 203 dan KT Jayanegara 305," katanya. 

Adapun data kru KM Tanto Ceria, yaitu Meita A.S. (Capt), Ivan Sujoko (1/O), M. Umar (2/O), Danang (3/O), Imam (KKM), Mariyono (1/E), M. Ali Rosyad (2/E), Teguh Susanto (3/E), Komail (Bosun), Efendi (Juru Mudi), Dimas (Juru Mudi). 

Mustain (Juru Mudi), M. Rohman (Oiler), M. Zaenal David (Oiler), Supriyanto (Oiler), M. Ali (Electriciant), Nur Sang (Kadet Deck), Dea Dwi Cahyono (Kadet Deck) dan Saiful Hidayat (Koki).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lapak Online Bulog Diklaim Bisa Singkirkan Mafia Pangan

Posted: 25 Nov 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog baru saja meluncurkan toko online yang menjual berbagai bahan pokok bernama PangananDotCom.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyatakan, supermall pangan ini bakal mempermudah masyarakat untuk mendapatkan beras dan bahan pokok bermutu tinggi lainnya berkat teknologi yang digunakan.

Namun yang lebih penting, penerapan teknologi ini secara menyeluruh diklaim bisa menutup celah para mafia pangan untuk melakukan aksinya.

"Ke depan kalau sudah ada di seluruh Indonesia, maka nggak ada lagi yang bisa permainkan pangan. Mereka akan mati dengan sendirinya karena nggak ada peluang," tutur Budi dalam paparannya di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut, Budi menjamin masyarakat bisa mendapat kebutuhan pangan berkualitas dan akan menerima ganti rugi jika mendapat barang yang tidak sesuai lewat platform ini.

Saat ini memang masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati beras premium, terutama keluarga penerima manfaat.

Meski mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), keluarga penerima manfaat tetap kekurangan beras karena ulah mafia pangan.

"Sebanyak 30 persen beras hilang karena adanya mafia ini, ini sudah dibuktikan oleh Satgas Mafia Pangan dan Kepolisian," imbuhnya.

Oleh karenanya, lewat platform ini, Bulog juga bakal menggandeng BPNT agar distribusi beras transparan sehingga mafia pangan tidak punya kesempatan mencuri beras.

Nantinya, penyaluran BPNT lewat PangananDotCom akan dimulai Januari hingga Maret 2020 di Jabodetabek, April hingga November 2020 di Pulau Jawa, dan Desember 2020 di seluruh Indonesia.

Bulog Luncurkan Toko Online PangananDotcom

Perum Bulog resmi luncurkan platform jual beli online kebutuhan pangan, Panganan.com.

Perum Bulog resmi luncurkan toko online kebutuhan pangan, PangananDotcom. Supermall pangan ini diresmikan oleh Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas di Kantor Bulog DKI Divre Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Selasa (26/11/2019).

Budi menyatakan, hal ini merupakan bagian dari mensukseskan program kerja Presiden ihwal ketahanan pangan.

"Bulog merespons apa yang menjadi programnya Presiden kita, salah satunya ketahanan pangan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Ini membuktikan Bulog mampu mewujudkan ini, selama didukung dengan pengusaha yang punya mindset untuk merah putih," tuturnya.

Hadirnya toko resmi online ini merupakan kolaborasi dari Istoreisend E Logistic Indonesia, Shopee dan JNE.

Bulog berkomitmen menghadirkan beras berkualitas untuk masyarakat dengan turut meluncurkan 50 merek beras baru dengan berbagai macam kualitas seperti premium dan medium maupun beras khusus seperti beras merah, beras hitam, beras lokal daerah, dan beras organik.

Selain itu Bulog juga memperkenalkan beras fortifikasi yang dilengkapi dengan 8 kandungan nutrisi dan merupakan salah satu upaya Bulog untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan gizi masyarakat dan mengentaskan stunting.

"Selama ini stigma orang kepada Bulog itu berasnya beras jelek. Kita ingin menghapus stigma itu dengan turut menghadirkan beras premium di platform ini," imbuh Buwas.

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Airlangga Pastikan Korean Exim Danai Proyek PLTU Suralaya 9 dan 10

Posted: 25 Nov 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Busan - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan bahwa Korean Exim akan menyelesaikan pendanaan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya unit 9 dan 10. Proyek ini sendiri diperkirakan membutuhkan investasi sebesar USD 3,5 miliar.

Hal ini disampaikan Airlangga usai mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan 10 CEO perusahaan besar Korea Selatan, Senin 25 November 2019. Salah satu yang bertemu Jokowi adalah Bang Moon Kyu.

"PLTU Jawa 9-10 Suralaya, Banten, rencananya hampir 'closing' pada awal Januari 2020," ucap Airlangga di Hotel Lotte Busan Korea Selatan, Senin 25 November 2019 malam.

Airlangga menyebut Korean Exim berkomitmen mendorong pengembangan infrastruktur serta memberikan dukungan pendanaan terhadap perusahaan asal Korea yang berinvestasi di Indonesia.

Kepada Jokowi, CEO Korea Exim Bang Moo Kyu menyatakan komitmen berinvestasi di Indonesia. Salah satunya, dengan memberikan dukungan pendanaan terhadap Doosan Group dalam membangun PLTU Jawa 9-10 tersebut.

Selain mengerjakan proyek PLTU Jawa 9-10, Doosan merupakan perusahaan industri berbasis mesin diesel. Vice Chairman&CTO Doosan Group Lee Hyun-Soon mengaku akan meningkatkan kerja sama dengan PT INKA untuk pengembangan bahan baku lokomotif.

 

Relokasi Pabrik

Tak hanya itu, Doosan juga akan merelokasi pabriknya ke Indonesia sehingga dapatmemproduksi diesel di Indonesia.

"Dengan syarat cluster-nya juga ikut seperti Poiston dan lain-lain juga ikut ke Indonesia dan kami menyampaikan nanti kirim proposal untuk kami lihat menjadi suatu cluster sendiri," tutur Airlangga.

Bukan hanya Doosan dan Korean Exim, kata Airlangga, para CEO terpilih asal Korea Selatan ini menyampaikan komitmen investasi ke Indonesia secara bergantian.

 

Daftar 10 CEO

Adapun CEO 10 perusahaan besar yang bertemu Jokowi antara lain, President and CEO GS Global Kim Tae-Hyung, CEO LG International Yoon Chun Sang, President&CEO DSME Lee Sung Geun, President Posco Chang In-Hwa.

Kemudian, Chairman CJ Group Sohn Kyung-Shik, Chairman and President KAXIM Bang Moon Kyu, Vice Chairman& CEO Lotte Corp Hwang Kag Gyu, Vice Chairman&CTO Doosan Group Lee Hyun-Soon, Vice Chairman&CEO Hankook Tire and Technology Cho Hyun Shick, dan President and CEO SK E&C Ahn Jaehyun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 komentar:

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

nurraysa diena mengatakan...

Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang diinginkan. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700.000.000,00 dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Perlu Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tetapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua muslim sejati dan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk meminta nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

REBACCA ALMA LOAN COMPANY mengatakan...

PENAWARAN PINJAMAN YANG MENDAFTAR BERLAKU SEKARANG.


Pencari Pinjaman yang Terhormat,


Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.


Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika berminat silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.


kami memberikan yang berikut;

*Perbaikan rumah

* Pinjaman Inventor

* Kredit Mobil

* Pinjaman Konsolidasi Utang

* Jalur Kredit

* Pinjaman Kedua

* Pinjaman Bisnis

*Pinjaman pribadi

* Pinjaman Internasional.


Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


Semoga berhasil,

PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut