Senin, 18 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


16 Tahun Berlalu, Ini 6 Potret Terbaru Icha AFI yang Kini Jadi Dokter Gigi

Posted: 18 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Akademi Fantasi Indosiar (AFI) menjadi salah satu tontonan paling diminati masyarakat Indonesia. Terlebih, AFI dibekali dengan sesi eliminasi yang tak ayal membuat penontonnya sesenggukan saat melihat idolanya tersingkir.

Tayang perdana pada 2003 silam, edisi pertama AFI menampilkan 12 peserta. Dari 12 peserta, Veri Affandi menjadi juaranya. Tapi sosok Mellisa Wuwungan atau yang lebih dikenal dengan Icha AFI tak kalah populer. 

Sayangnya, langkah wanita perwakilan Bandung untuk menjadi juara harus terhenti. Ia tereliminasi pada minggu kelima, meski tidak bertahan lama di kompetisi tersebut, sosok Icha AFI tetap sulit dilupakan.

Selepas dari AFI, wajah Icha memang jarang terlihat di layar kaca televisi. Tak lagi melanjutkan kariernya di dunia tarik suara, wanita kelahiran 1979 kini lebih memilih menjadi dokter gigi. Diketahui, ia membuka praktiknya di Pabaton, Bogor.

Selain sebagai dokter gigi, ternyata ibu satu anak ini juga hobi berolahraga loh. Dari zumba, naik sepeda, berlari dan sejumlah olahraga ekstrem ia lakoni. Wajar saja, di usianya yang kepala 4, wanita yang dulu khas dengan rambut pendeknya itu masih terlihat awet muda. 

Jadi penasaran kan seperti apa potretnya? Dilansir dari akun Instagram Icha, berikut Liputan6.com ulas 6 potret terbaru Icha AFI, Selasa (19/11/2019).

 

 

1. Ini dia potret Icha saat mengikuti AFi pada 2003 silam. Icha dikenal dengan penampilan rambut pendeknya.

Potret Terbaru Icha AFI (Sumber: Instagram//lissawuthang/

2. Jika dulu Icha dikenal khas dengan rambut pendeknya, kini Icha tampil dengan rambut panjang yang menjuntai.

Potret Terbaru Icha AFI (Sumber: Instagram//lissawuthang/

3. Jarang terdengar kabarnya, wanita alumni Universitas Padjadjaran kini berprofesi menjadi dokter gigi di Bogor.

Potret Terbaru Icha AFI (Sumber: Instagram//lissawuthang/

4. Pemilik nama lengkap Mellisa Felicia Wuwungan ini telah dikaruniai buah hati, dan kini menjadi single mother.

Potret Terbaru Icha AFI (Sumber: Instagram//lissawuthang/

5. Pemilik suara merdu ini juga hobi berolahraga loh. Dari lari, naik sepeda hingga zumba ia lakukan.

Potret Terbaru Icha AFI (Sumber: Instagram//lissawuthang/

6. Sudah berkepala 4, wanita kelahiran 1979 ini terlihat masih muda ya.

Potret Terbaru Icha AFI (Sumber: Instagram//lissawuthang/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Instansi Ini Belum Serahkan Formasi CPNS 2019

Posted: 18 Nov 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah seminggu lebih pembukaan seleksi CPNS 2019, ternyata masih ada instansi yang belum mengeluarkan jatah formasi mereka. 

"Masih ada 4 instansi yg belum selesai input formasi dan 3 yang belum selesai validasi," jelas Plt. Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com, Selasa (19/11/2019).

Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), tiga kementerian tersebut adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM).

Sekadar informasi, formasi untuk Kemendikbud biasanya selalu tinggi. Tahun lalu, puluhan ribu orang mendaftar CPNS di Kemendikbud padahal formasinya hanya 637 saja.

Tahun ini rencananya kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim itu akan membuka 2.196 lowongan CPNS, termasuk untuk Dikti.

 

Kemenristek

3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS (Liputan 6)

Sementara, Kemenristek juga menjadi satu dari lima instansi terpopuler di CPNS 2018. dan 60 ribu orang bersaing di kementerian tersebut. Tahun ini, Kemenristek akan membuka 11 lowongan.

Ada pula dua pemerintah daerah yang belum membuka formasi, yakni Pemkab Karangasem (Bali), Pemkab Kapuas (Kalimantan Tengah), dan Pemkot Bontang (Kalimantan Timur).

Terakhir, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga belum membuka formasi. Tahun ini Sekretariat Jenderal BPK membuka 348 lowongan.

Hapus Sistem Pencarian Formasi, BKN Sebar Info Lamaran CPNS di Media Sosial

Sistem tes seleksi CPNS berbasis online merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan meniadakan menu Sistem Pencarian Formasi (SPF) dalam portal sscn.bkn.go.id. Adapun lewat SPF, publik dapat mengetahui data jumlah pelamar pada setiap formasi secara real time.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Paryono mengatakan, tindakan ini dilakukan lantaran ditemukannya indikasi tindak kecurangan penyalahgunaan data pelamar yang termuat dalam menu SPF yang dilakukan oleh sejumlah oknum, yakni dengan cara mendaftarkan sejumlah pelamar fiktif pada formasi tertentu agar terlihat telah banyak pendaftar.

"Oleh karena itu, fitur tersebut ditiadakan demi menciptakan kompetisi adil tanpa pelamar terpengaruh dengan kuantitas pelamar yang telah melamar pada formasi tertentu (blind competition) pada pelaksanaan seleksi CPNS 2019," ujar Paryono lewat pernyataan tertulis, Sabtu (16/11/2019).

Sebagai alternatif, ia menyatakan, BKN akan menyampaikan update terkait pendaftaran CPNS 2019 melalui media sosial resmi yang dikelola lembaga.

"Biro Humas BKN memberikan update jumlah pelamar, di antaranya memuat informasi pelamar yang sudah membuat akun, sudah mengisi formulir, sudah submit, serta lima instansi (Top 5 Instansi) dan 10 formasi (Top 10 Formasi) paling banyak dipilih pelamar seleksi CPNS 2019 melalui kanal media sosial resmi yang dapat dipantau oleh pelamar setiap harinya," tuturnya.

Paryono menekankan, peniadaan fitur SPF tidak akan mengurangi aspek transparansi pada seleksi CPNS 2019. Dia pun menjamin keterbukaan pada publik sebagai prioritas yang akan dilakukan oleh pihaknya.

"Aspek transparansi tetap terjamin melalui pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang juga berprinsip akuntabel, dimana hasil tes dapat diketahui secara real time saat SKD dilaksanakan. Sehingga transparansi dan akuntabilitas tetap menjadi prinsip utama pelaksanaan seleksi CPNS 2019," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deputi BUMN Wahyu Kuncoro jadi Wakil Direktur Utama Pegadaian

Posted: 18 Nov 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro resmi menjadi Wakil Direktur Utama (wadirut) PT Pegadaian (Persero).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, yang Selasa (19/11/2019) ini menyambangi kantor Kementerian BUMN.

"(Saya kesini) untuk menyaksikan serah terima. Pegadaian kan punya wakil direktur utama yang baru, Wahyu Kuncoro," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian BUMN.

Kuswiyoto menyatakan, Wahyu resmi menjadi wadirut Pegadaian sejak penyerahan surat keputusan (SK) Menteri BUMN kemarin, Senin (19/11/2019). Dengan demikian, satu dari 6 deputi BUMN yang mengalami perombakan telah menempati posisi di BUMN yang ditunjuk.

Penunjukan wadirut sendiri, lanjut Kuswiyoto, adalah pertimbangan dari Menteri BUMN. Dia juga belum memahami tugas dan fungsi khusus wadirut nantinya.

Namun dia mengaku senang dengan penambahan wadirut ini karena bisa membantu kinerja Pegadaian lebih cepat.

"Saya sih happy-happy saja kalau nambah anggota baru. Bagaimanapun Pegadaian happy ada wadirut jadi kita bisa berlari lebih kencang," tuturnya.

Aksi Bersih-Bersih Erick Thohir Diklaim Bakal Kurangi Korupsi di BUMN

Inspiring Leader Erick Thohir saat menghadiri acara Young Penting Indonesia di Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Young Penting Indonesia mempertemukan kelompok milenial dari berbagai elemen. (Liputan6.com/JohanTallo)

Langkah Menteri BUMN Erick Thohir merombak pos strategis sebagai bentuk penyegaran birokrasi kementerian yang dipimpinnya mendapat tanggapan positif dari kalangan ekonom.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai, hal ini dapat menguatkan kementerian. Selama ini, menurut dia, masih ada sejumlah sektor yang belum mendapat penyegaran, sehingga rawan korupsi.

"Ya, ini bagian dari 'bersih-bersih' rezim BUMN lama karena dianggap lemah dalam pengawasan BUMN, sehingga marak korupsi," tutur Bhima kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Selain itu, Bhima juga menilai perombakan struktural ini dapat meningkatkan kinerja BUMN dan relasinya dengan sektor swasta yang selama ini jarang dilibatkan dalam program kerja.

"Kinerja juga banyak yang belum memuaskan, seperti proyek infrastruktur yang utilitasnya rendah dan kurang melibatkan swasta. Itu yang coba dirombak," katanya.

Erick Thohir, dengan latar belakang dari sektor swasta, diharap bisa melakukan sinergi BUMN dengan berbagai pihak. Sehingga BUMN yang selama ini kerap mendapat kritik bisa terus meningkatkan performanya.

"Memutus rantai salah urus BUMN," ucapnya. 

Erick Thohir Sapu Bersih Semua Eselon I Kementerian BUMN

Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 Erick Thohir tiba di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (21/10/2109). Kedatangan Erick Thohir berlangsung jelang pengumuman menteri Kabinet Kerja Jilid II oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Perombakan di struktur Kementerian BUMN bakal dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Setelah sebelumnya mengangkat dua wakil menteri, kini giliran jajaran Eselon I.

Setidaknya semua eselon I yang sebelumnya membantu Rini Soemarno selama memimpin BUMN akan dipindahkan. Keseluruhannya diarahkan untuk mengisi pos direksi di beberapa BUMN.

"Betul (SK keluar hari ini)," kata salah satu Eselon I Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro, kepada Liputan6.com, Senin (18/11/2019).

Wahyu sendiri saat ini masih menjabat sebagai Deputi Usaha Agro dan Farmasi Kementerian BUMN. Dari informasi yang diterima Liputan6.com, Wahyu sendiri nantinya akan ditempatkan menjad Wakil Direktur Utama (Wadirut) PT Pegadaian (Persero).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Jajaki Beli Gas dari Blok Masela

Posted: 18 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) menyatakan, sudah ada calon pembeli gas Blok Masela‎ yang melakukan pendekatan.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, pencarian pembeli gas hasil produksi Blok Masela sedang dilakukan. SKK Migas bersama Inpex Corporation sebagai operator Blok Masela terus melakukan penawaran gas.

"Secara kan memang Inpex dengan SKK Migas berjalan bersama untuk mencari pembeli. Ya sedang proses," kata Dwi, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Menurut Dwi, salah satu kandidat yang akan membeli gas hasil produksi Blok Masela adalah PT Perusahaan‎ Gas Negara (PGN). Saat ini PGN sebagai subholding gas di bawah PT Pertamina (Persero).

‎"PGN tentu iya pasti ngambil dalam negeri. Pertamina kan diwakili PGN," tuturnya.

Dwi melanjutkan, PGN sudah melakukan komunikasi dengan lembaganya untuk menjajaki pembelian gas dari Blok Masela. Namun sampai saat ini belum ada kandidat kuat yang akan membeli gas bumi tersebut.

"Belum lah (kandidat terkuat). PGN sudah mulai berkomunikasi," tandasnya.

Kementerian ESDM Minta SKK Migas Segera Cari Pembeli Gas Blok Masela

Rencananya, blok ini akan dikelola dua perusahaan yakni Inpex dan Shell.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), untuk mempercepat pencarian pembeli gas Blok Masela.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, pembeli gas Blok Masela menjadi faktor kemajuan pembangunan lapangan gas abadi tersebut. Sebab itu, SKK Migas perlu segera mencari pembeli gas hasil pengolahan Blok Masela.

"Saya cuma titip pesan ke SKK Migas, cepat-cepat cari pembeli gas Blok Masela. Itu saja," kata Djoko, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Jika SKK Migas tak segera memutuskan masalah pembeli gas ini, dikhawatirkan akan membuat proyek tersebut kembali molor.

"Dirjen Migas mendorong pembeli gas Blok Masela untuk segera diusahakan. proyek tidak molor lagi," ujarnya.

 

Tak Ada Syarat Khusus

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Djoko mengungkapkan, SKK Migas merupakan regulator yang diberikan kewenangan melakukan penjualan gas dari hasil produksi blok migas dalam negeri. Pemerintah pun tidak memberikan syarat khusus pembeli gas Blok Masela.

"Makin cepat makin baik. peraturannya kan SKK Migas menunjuk pembeli, siapa terserah. mau jual sendiri mau lewat orang. pokoknya pesan saya cuma satu Masela," tandasnya. 2 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Ini Ubah Sandal Jepit Jadi Boneka, 7 Hasilnya Mengagumkan

Posted: 18 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang menganggap sandal jepit bekas hanya sampah yang tak berguna dan harus dibuang. Hal ini menjadi sangat memprihatinkan ketika barang bekas dibuang sembarangan dan berujung pada pencemaran lingkungan terutama laut.

Selain merusak keindahan alam laut, juga dapat membahayakan keberlangsungan kehidupan biota laut. Bahkan akhir-akhir ini banyak ditemui hewan laut yang mati dan ketika dibedah, perutnya dipenuhi oleh sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh manusia salah satunya adalah sandal jepit.

Untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah, perlu kesadaran masyarakat untuk lebih bijak dalam pengolahan dan pemanfaatan sampah. Di tangan-tangan kreatif, sampah yang sulit terurai seperti sandal jepit bekas bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi sebuah karya seni.

Seperti yang dilakukan oleh Francis Mutua, seorang seniman sandal jepit dari Nairobi. Seniman ini memiliki tujuan untuk menyelamatkan lautan yang tercemar melalui karya seninya. Dalam membuat karay ini ia tidak sendirian, namun tergabung dalam keluarga besar bernama Ocean Sole yang bertujuan untuk membersihkan bumi dan mengubah masalah sandal jepit bekas menjadi satu karya seni.

Francis Mutua bersama rekan-rekannya mengubah tumpukan sandal jepit tak terpakai menjadi boneka berbentuk binatang yang terlihat sangat mengagumkan. Boneka-boneka tersebut diantaranya berbentuk gajah, singa, jerapah, penyu, burung dan binatang lainnya. Para seniman ini dapat menghasilkan 8 boneka hewan dalam sehari dan kebanyakan dari hasil karyanya dijual ke mancanegara. Berikut beberapa karyanya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/11/2019).

1. Sandal jepit bekas diubah menjadi hewan rusa yang mengagumkan.

Sandal Jepit Jadi Boneka (Sumber: Instagram/@oceansoleafrica)

2. Seniman ini memiliki tujuan untuk menyelamatkan lautan yang tercemar melalui karya seninya.

Sandal Jepit Jadi Boneka (Sumber: Instagram/@oceansoleafrica)

3. Barang bekas yang tak berguna ini disulap menjadi beruang yang menggemaskan.

Sandal Jepit Jadi Boneka (Sumber: Instagram/@oceansoleafrica)

4. Hasil karyanya ini dijual ke mancanegara.

Sandal Jepit Jadi Boneka (Sumber: Instagram/@oceansoleafrica)

5. Francis Mutua mengubah tumpukan sandal jepit tak terpakai menjadi boneka berbentuk binatang.

Sandal Jepit Jadi Boneka (Sumber: Instagram/@oceansoleafrica)

6. Seniman asal Nairobi ini mengubah sandal jepit bekas menjadi gurita rasaksa.

Sandal Jepit Jadi Boneka (Sumber: Instagram/@oceansoleafrica)

7. Saat melihat boneka kura-kura yang mengapung ini terlihat nyata dan hidup.

Sandal Jepit Jadi Boneka (Sumber: Instagram/@oceansoleafrica)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelamar CPNS 2019 Tembus 3,3 Juta Orang

Posted: 18 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyampaikan data terbaru soal pelamar tes CPNS 2019. Secara real-time, pelamar hingga Selasa siang (19/11/2019) sudah menembus angka 3,3 juta pelamar.

"3.348.377 sudah membuat akun, 1.366.844 sudah mengisi formulir, 633.800 sudah submit," demikian informasi Plt. Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com.

Angka pendaftar CPNS 2019 yang sudah membuat akun terpantau naik 300 ribu orang dibandingkan Senin malam kemarin. Sementara jumlah yang memasukkan formulir naik 150 ribu orang.

Paryono menyebut sudah ada 517 instansi yang membuka formasi. Total instansi yang ikut CPNS 2019 adalah 67 kementerian/lembaga dan 461 pemerintah daerah.

Lowongan CPNS di Kementerian Hukum dan HAM masih jadi primadona di seleksi CPNS 2019. Namun, ada juga kementerian yang belum membuka formasi seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Paryono pun mengajak pelamar untuk mengikuti informasi dari media sosial resmi BKN. Tiap malam ada update terbaru mengenai jumlah pelamar.

"Kami keluarkan update, jumlah pembuat akun, yg submit, 5 instansi terbanyak pendaftar, 10 formasi yg paling diminati," jelasnya

Formasi di Kementerian Hukum dan HAM Paling Diminati Pelamar CPNS 2019

Banner Infografis Formasi Penerimaan CPNS 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mencapai 3.048.190 orang hingga Senin 18 November 2019 sore. Para pelamar tersebut telah membuat akun dalam portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

Namun dari jumlah tersebut, baru 1.110.622 pelamar CPNS 2019 yang mengisi formulir, dan hanya 485.006 pelamar menuntaskan langkah pendaftaran hingga tahap 'submit'. 

Berdasarkan data yang termuat dalam fan page facebook BKN, tercatat Kementerian Hukum dan HAM yang menyediakan 4.312 formasi menjadi instansi yang paling diminati pelamar CPNS Tahun Anggaran 2019.

Dikutip dari laman Setkab, Selasa (19/11/2019), ada 5 intansi yang memiliki jumlah pelamar CPNS 2019 terbanyak, yaitu:

1. Kementerian Hukum & HAM 119.276;

2. Kejaksaan Agung 17.286;

3. Pemerintah Provinsi Jawa Timur 6.334;

4. Kementerian Agama 5.862; dan

5. Pemerintah Kabupaten Bogor sebanyak 4.756 pelamar.

Adapun 10 Top formasi yang paling diminati pelamar adalah:

1. Penjaga Tahanan (Pria) 57.010;

2. Ahli Pertama – Guru Kelas 27.503;

3. Pelaksana/Terampil – Bidan 24.345;

4. Penjaga Tahanan (Wanita) 22.913;

5. Pelaksana/Terampil – Perawat 17.669;

6. Ahli Pertama – Guru Agama Islam 17.427;

7. Pelaksana/Pemula – Pemeriksa Keimigrasian (Pria) 16.626;

8. Ahli Pertama – Guru Matematika 10.920;

9. Pelaksana/Pemula – Pemeriksa Keimigrasian (Wanita) 10.781; dan

10. Ahli Pertama – Guru Bahasa Inggris 10.759.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Ajukan 4 Nama, Gerindra Minta PKS Pilih Satu Nama Cawagub DKI

Posted: 18 Nov 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Syarif menyatakan saat ini pihaknya masih menunggu jawaban dari PKS terkait pengajuan nama calon wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno.

Dia meminta agar PKS dapat memutuskan satu dari empat calon yang diajukan DPD Gerindra DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Sebab, sesuai keputusan Kemendagri, cawagub yang diajukan hanya boleh dua nama saja.

"Dari PKS satu dari Gerinda satu, yang satu dari PKS mana? Apakah Ahmad Syaikhu apakah Pak Agung? Dari kita empat siapa, kita tunggu itu," kata Syarif saat dihubungi, Selasa (19/11/2019).

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik mengakui punya alasan tersendiri terkait pengajuan empat nama kandidat calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta ke DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dia menilai, adanya kemungkinan kendala dua nama cawagub yang diajukan belum terpilih, entah terkait personal ataupun hal lain.

"Kemarin dua nama macet, maka yang diperlukan adalah, pertama jangan-jangan figur yang diajukan DPRD kurang menerima atau komunikasi, udah dua itu," kata Taufik saat dihubungi di Jakarta, Kamis 7 November 2019.

Dia mengakui, pihaknya telah mengirimkan empat nama kandidat cawagub pengganti Sandiaga Uno ke DPP PKS. Empat nama yang dikirimkan yakni Arnes Lukman, Ferry Juliantono, Ahmad Riza Patria, dan Saefullah.

Diketahui, Saefullah saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Sementara itu tiga lainnya merupakan politikus dari Partai Gerindra.

Nasib Cawagub PKS

Selain itu, surat tersebut juga ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sekjen Ahmad Muzani, dan Husni Thamrin. Surat tersebut dikirimkan ke DPP PKS pada 17 Oktober 2019.

Sementara itu, dua nama cawagub pengganti Sandiaga Uno dari PKS yakni Agung Yulianto dan Akhmad Syaikhu. Keduanya telah diajukan di DPRD DKI Jakarta, akan tetapi hingga saat ini belum ada yang dipilih dan ditentukan sebagai Wagub DKI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangkas Jumlah Eselon I, Kementerian BUMN Bakal Punya Irjen

Posted: 18 Nov 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menyatakan, kementerian BUMN akan memiliki seorang Inspektur Jenderal (Irjen). Hal tersebut diungkapkannya ketika menjawab jumlah pejabat eselon I Kementerian sesudah dipangkas.

"Sesmen masih ada. Jadi eselon I-nya ada 4, bisa juga 5, nanti kita lihat. Ada jabatan yang selama ini belum pernah diisi selama menteri sebelumnya," ujar Arya di Gedung Kementerian BUMN, Selasa (19/12/2019).

Ketika dikonfirmasi bahwa jabatan tersebut adalah irjen, Arya langsung mengiyakannya. "Nah, itu dia (irjen)," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pemangkasan jumlah pejabat eselon I di Kementerian BUMN dari 7 posisi deputi menjadi 3 posisi. Namun dengan adanya irjen dan Sekretaris Menteri (Sesmen), jumlah pos di eselon I kemungkinan akan bertambah jadi 5 posisi.

Arya menambahkan, posisi irjen akan membantu kementerian untuk melakukan pengawasan internal.

Sementara, 6 dari 7 deputi eselon I telah menerima Surat Keputusan (SK) dari Menteri BUMN. Satu deputi yang belum mendapat SK adalah Aloysius Kik Ro yang menjabat sebagai Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha.

"Pak Aloy (Aloysius) belum. Masih menunggu. Mereka bersedia, mereka 'kan orang-orang profesional, kita percaya," imbuhnya.

Untuk jabatan deputi definitif kemungkinan akan diumumkan seminggu atau dua minggu ke depan. "Dalam waktu seminggu dua minggu jabatan deputi sudah ada," tuturnya.

Erick Thohir Sapu Bersih Semua Eselon I Kementerian BUMN

Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 Erick Thohir tiba di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (21/10/2109). Kedatangan Erick Thohir berlangsung jelang pengumuman menteri Kabinet Kerja Jilid II oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Perombakan di struktur Kementerian BUMN bakal dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Setelah sebelumnya mengangkat dua Wakil Menteri, kini giliran jajaran Eselon I.

Setidaknya semua eselon I yang sebelumnya membantu Rini Soemarno selama memimpin BUMN akan dipindahkan. Keseluruhannya diarahkan untuk mengisi pos Direksi di beberapa BUMN.

"Betul (SK keluar hari ini)," kata salah satu Eselon I Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro, kepada Liputan6.com, Senin (18/11/2019).

Wahyu sendiri saat ini masih menjabat sebagai Deputi Usaha Agro dan Farmasi Kementerian BUMN. Dari informasi yang diterima Liputan6.com, Wahyu sendiri nantinya akan ditempatkan menjad Wakil Direktur Utama (Wadirut) PT Pegadaian (Persero).

Tak hanya Wahyu, Sekretaris Kementerian BUMN Imam A Putro direncanakan mengisi jabatan sebagai Wadirut Pupuk Indonesia Holding Company dan Edwin Hidayat Abdullah bakal sebagai Wadirut PT Angkasa Pura II (Persero).

Selain itu Hambra bakal mengisi Wadirut PT Pelindo II (Persero), Aloysius Kik Ro bakal menjadi Dirut Danareksa Sekuritas, Gatot Trihargo bakal menjadi Wadirut Perum BULOG dan Fajar Harry Sampurna akan menjadi Dirut PT Barata Indonesia (Persero).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pochettino Hadapi Laga Penentuan, Tottenham Sibuk Cari Pengganti

Posted: 18 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Tottenham Hotspur dilaporkan sudah berencana untuk mencari calon pengganti Mauricio Pochettino. Klub London itu mengharapkan pelatih kepala mereka segera pindah dalam waktu dekat.

Tottenham mencapai final Liga Champions musim lalu. Tapi, penampilan mereka selanjutnya di Liga Inggris musim ini cukup mengecewakan.

Spurs hanya memenangkan tiga dari 12 pertandingan Liga Inggris. Mereka kini duduk di urutan ke-14 klasemen sementara, terpaut 20 poin dari pemimpin klasemen Liverpool.

Raksasa London itu akan menghadapi rival sengitnya West Ham United akhir pekan ini. Dan, kabarnya kekalahan dari The Hammers bisa berarti berakhirnya waktu Pochettino bertanggung jawab di klub.

Dilansir Daily Mail, tokoh senior di Tottenham telah mengadakan pembicaraan dengan pelatih Bournemouth Eddie Howe, dan manajer RB Leipzig Julian Nagelsmann. Mereka juga dilaporkan sudah bertemu pelatih Napoli Carlo Ancelotti, yang dianggap layak sebagai pengganti Pochettino.

Diincar Mourinho

5. Mauricio Pochettino - Pelatih Tottenham Hotspur ini pernah dilirik manajemen Setan Merah untuk melatih Pogba Dkk. Serangkaian hasil buruk Manchester united bersama Solskjaer membuatnya kembali masuk bursa pelatih MU. (AFP/Ian Kington)

Namun, laporan itu mengklaim bahwa Tottenham harus membayar 'kompensasi yang signifikan' untuk membawa salah satu dari tiga pelatih ke Stadion Tottenham Hotspur.

Mantan pelatih MU, Jose Mourinho, juga diduga mengincar peran bersama Spurs. Pelatih Portugal itu pernah menyatakan ingin sekali kembali ke Liga Premier.

Sebaliknya, Pochettino telah dikaitkan dengan Manchester United (MU) dan Real Madrid dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun Ole Gunnar Solskjaer dan Zinedine Zidane tampaknya aman dalam peran mereka untuk saat ini.

Berpeluang Latih MU

Sebelumnya, mantan penyerang MU, Dimitar Berbatov, menilai Pochettino, berpeluang untuk menjadi manajer Setan Merah berikutnya.

Berbatov percaya jika suatu saat nanti MU memilih berpisah dengan Solskjaer, maka sosok Mauricio Pochettino bisa menjadi penggantinya. "Pochettino adalah manajer yang bagus," buka Berbatov kepada The Daily Mail.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Donny Prima, Sosok Pramugara yang Suapi Nenek 117 Tahun di Pesawat

Posted: 18 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu netizen dihebohkan dengan aksi mulia yang dilakukan oleh seorang pramugara maskapai Lion Air. Aksi mulia tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh pemilik akun @armainiimay di Instagramnya. Pada 3 video yang diunggahnya, netizen sukses dibuat kagum sekaligus terharu dengan sikap pramugara tersebut.

Dalam video yang diunggah pada Selasa (12/11/2019) lalu ini memperlihatkan seorang pramugara dengan lembut dan sabar menyuapi salah satu penumpang pesawat yakni seorang nenek yang kabarnya berusia 117 tahun. Diketahui dari akun yang pertama kali mengunggah video tersebut, sang nenek awalnya enggan untuk menggunakan sabuk pengaman. Hal itulah yang membuat pramugara yang diketahui bernama Potret Donny Prima Yuszela ini kemudian mendekati sang nenek.

Dalam video tersebut terlihat Donny Prima Yuszela tampak telaten menyuapi makanan, minuman hingga sesekali membenarkan kerudung sang nenek. Tak lepas pula suara lembut dan senyuman tulus yang sukses membuat netizen memberikan pujian. 

Usut punya usut, Donny Prima merupakan awak kabin senior di Lion Air. Ia bertugas di penerebangan JT-862 rute Bandara Juanda Surabaya--Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, pada Minggu 10 November 2019 lalu. Sukses mencuri perhatian publik, Donny Prima Yuszela sebagai pimpinan awak kabin (senior flight attendant/ SFA) ini pun mendapatkan apresiasi dari Lion Air.

Viral di media sosial, banyak netizen yang pensaran dengan sosok Donny Prima Yuszela, sang pramugara ini. Berikut ini Liputan6.com rangkum 6 potret sosok pramugara Lion Air yang suapi nenek di kabin pesawat, Donny Prima Yuszela dari Instagramnya @donnyprimayuszela, Selasa (19/11/2019).

1. Inilah sosok Donny Prima, sang pramugara yang tengah viral di media sosial.

Inilah sosok Donny Prima Yuszela, pramugara yang sempat viral lantaran suapi orang tua berusia 117 tahun di pesawat. (Sumber: Instagram/@donnyprimayuszela)

2. Donny Prima diketahui sebagai senior flight attendant atau SFA.

Inilah sosok Donny Prima Yuszela, pramugara yang sempat viral lantaran suapi orang tua berusia 117 tahun di pesawat. (Sumber: Instagram/@donnyprimayuszela)

3. Lewat keterangan di akun Instagramnya, Donny Prima ini punya hobi travelling.

Inilah sosok Donny Prima Yuszela, pramugara yang sempat viral lantaran suapi orang tua berusia 117 tahun di pesawat. (Sumber: Instagram/@donnyprimayuszela)

4. Tak heran jika foto-foto di media sosialnya memperlihatkan momen dirinya ketika mengunjungi berbagai tempat.

Inilah sosok Donny Prima Yuszela, pramugara yang sempat viral lantaran suapi orang tua berusia 117 tahun di pesawat. (Sumber: Instagram/@donnyprimayuszela)

5. Ketika tak pakai seragam pramugara, gaya Donny Prima tampak santai dan kece abis.

Inilah sosok Donny Prima Yuszela, pramugara yang sempat viral lantaran suapi orang tua berusia 117 tahun di pesawat. (Sumber: Instagram/@donnyprimayuszela)

6. Aksinya suapi seorang nenek viral di media sosial, kolom komentar Instagram milik Donny Prima pun dibanjiri pujian dari para netizen.

Inilah sosok Donny Prima Yuszela, pramugara yang sempat viral lantaran suapi orang tua berusia 117 tahun di pesawat. (Sumber: Instagram/@donnyprimayuszela)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin Harap Masuknya Ahok ke BUMN Disikapi Secara Positif

Posted: 18 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, turut berkomentar mengenai masuknya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Chandra Hamzah ke jajaran pengurus salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurutnya, keputusan itu sudah menjadi kewenangan dari Menteri BUMN, Erick Thohir.

Rosan menginginkan agar penunjukan keduanya juga tidak dibesar-besarkan yang pada akhirnya akan membuat gaduh di masyarakat. Dirinya pun mengajak semua masyarakat untuk berpikir positif, mengingat pemilihan dua nama tersebut sudah berdasarkan pertimbangan matang.

"Kalau saya bilangnya tuh berprasangka posotif lah. Sudah lah saya yakin semuanya yang diseleksi yang ditentukan oleh pemerintah dalam hal ini Menteri BUMN kita yakini itu pasti yang terbaik," katanya saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (19/11).

Sebelumnya, pada Senin (18/9) Chandra Hamzah mendatangi Gedung Kementerian BUMN untuk bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Layaknya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Chandra Hamzah juga ditawari menjadi direksi di salah satu BUMN.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, Chandra Hamzah direncanakan mengisi salah satu posisi direksi BUMN di sektor keuangan, lebih tepatnya Bank BUMN.

"Beliau akan ditempatkan di perusahaan BUMN, dipastikan seperti itu. Posisinya apakah di direktur atau komisaris, tunggu tanggal mainnya. Sektornya keuangan," kata Arya di Kementerian BUMN, Senin (18/11).

Secara terang-terangan, Arya mengaku, Erick Thohir tidak akan berhenti di sini. Dirinya bakal mengundang banyak orang ataupun tokoh masyarakat untuk ditawari menjadi pimpinan [BUMN](https://www.liputan6.com/bisnis/read/4111793/wakil-ketua-dpr-minta-kementerian-bumn-kaji-dampak-pengangkatan-ahok?source=search "").

Mengingat misi BUMN adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, nantinya, sosok pemimpin BUMN ini dipastikan akan memiliki integritas yang tinggi.

"Chandra Hamzah ini bisa mendorong perusahaan untuk mendukung visi misi pak Jokowi. Jokowi punya visi misi tertentu di bidang itu dan beliau akan menempati itu dan mempercepatnya," kata Arya.

"Kita harapkan nanti perusahaan ini di publik akan semakin baik imagenya. Akan banyak investor yg ikutan masuk," tambah dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Setelah Ahok, Giliran Chandra Hamzah Datangi Kantor Kementerian BUMN

Chandra M Hamzah datang untuk bertukar informasi dengan KPK mengenai persoalan minyak dan gas (migas), Jakarta, Rabu (24/12/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Setelah memanggil mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), hari ini Menteri BUMN Erick Thohir memanggil mantan petinggi Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra Hamzah.

Chandra Hamzah tiba di Gedung Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, sekitar pukul 08:30 WIB.

Chandra datang mengenakan kemeja batik berwarna cokelat dan langsung menuju meja resepsionis untuk mengisi buku tamu.

Awak media berusaha meminta komentar terkait kedatangan Chandra, namun ia hanya berkomentar singkat.

"Saya diajak ngopi-ngopi mas," ujarnya dikutip dari Antara, Senin (18/11/2019).

Tak lama kemudian, Chandra dijemput seorang pegawai Kementerian BUMN menuju ruang kerja Erick Thohir di lantai 19.

Sosok Chandra Hamzah sendiri bukan orang asing di BUMN, karena pernah diangkat menjadi Komisaris Utama PT PLN (Persero) pada 23 Desember 2014.

Selain itu Chandra juga pernah diminta menjadi Komisaris Bank BTN, namun ia menolaknya.  

Ahok Sambangi Kantor Erick Thohir

Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/4/2016). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok mendatangi Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Ahok datang pukul 09.38 WIB. Dirinya datang menggunakan mobil hitam dan mengenakan kemeja batik berwarna cokelat bercorak.

Begitu turun, Mantan Bupati Belitung Timur itu langsung disambut para pegawai kementerian dan diarahkan menuju lift.

Belum diketahui apa maksud dan tujuan Ahok menyambangi Kantor Kementerian BUMN.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WhatsApp Tutup Celah Keamanan untuk Retas Korban via MP4

Posted: 18 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp memastikan telah menutup celah keamanan di aplikasinya. Sebelumnya, keberadaan celah keamanan ini sempat mengancam jutaan pengguna WhatsApp di Android, iOS, dan Windows.

Perlu diketahui, celah keamanan ini dikenal dengan nama CVE-2019-11931. Lewat celah keamanan ini, peretas dapat mengintai perangkat korban dengan mengirim file berekstensi MP4 yang sudah dimodifikasi.

Seperti dikutip dari The Next Web, Selasa (19/11/2019), celah keamanan itu akhirnya ditutup oleh WhatsApp. Kepastian ini diumumkan oleh Facebook beberapa waktu lalu.

Untuk itu, pengguna WhatsApp diminta memperbarui aplikasinya. Di sisi lain, hingga sekarang belum ada laporan bahwa celah keamanan ini telah berhasil dieksploitasi oleh peretas.

"WhatsApp secara terus menerus bekerja meningkatkan keamanan layanan kami. Selain itu, kami juga mempublikasikan dan melaporkan masalah yang telah diperbaiki. Tidak ada alasan untuk menyebut ada pengguna yang terdampak," tutur juru bicara WhatsApp.

Perusahaan pun menyebutkan, kerentanan keamanan baru tersebut dapat ditemukan di aplikasi WhatsApp versi Android sebelum 2.19.274.

Di iOS kerentanan itu ditemukan pada WhatsApp versi sebelum 2.19.100; versi Enterprise Client sebelum 2.25.3; Business untuk Android sebelum 2.19.104.

Aplikasi WhatsApp Business versi iOS sebelum 2.19.100; dan versi Windows Phone sebelum dan termasuk 2.18.368.

Celah Keamanan di WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

Pada celah di WhatsApp kali ini, peretas dapat mengintai perangkat korban dengan mengirimkan file berekstensi MP4 yang sudah dimodifikasi.

Lewat file MP4 tersebut, peretas dapat mengendalikan perangkat dari jarak jauh atau melakukan serangan siber DoS (denial of service). Demikian dikutip dari NDTV, Senin (18/11/2019).

Facebook pun merilis pemberitahuan terkait masalah itu. Mereka mengatakan, "Peretas mengeksploitasi celah keamanan dengan metode buffer overflow terhadap aplikasi."

Apa itu Buffer Overflow?

WhatsApp. Dok: gadgetsnow.com

Informasi, buffer overflow merupakan metode di mana peretas memberikan input kode berlebihan ke program atau aplikasi sasaran.

Dengan cara ini, aplikasi akan mengalami kelebihan muatan dan memori, sehingga tidak dapat mengalokasikan memori itu.

Pada saat ini juga peretas akan "menindih" data pada program dan akhirnya mengambil alih kendali aplikasi.

Selain itu, peretas juga dapat memanfaatkan eksploitasi di aplikasi untuk menyuntikkan malware ke perangkat korban.

Dengan begini, mereka dapat mengakses file sensitif atau mengintip data-data di dalam perangkat. 

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ria Irawan dan Perjuangan Mengatasi Kanker Getah Bening Stadium 3

Posted: 18 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan Ria Irawan kembali menurun akibat sel kanker kelenjar getah benih stadium 3 yang terus menyebar dan menggerogoti tubuhnya. Karena hal itu,  Ria Irawan harus mendapatkan perawatan intensif di Instalasi Gawat Darurat (IGD), RSCM, Jakarta Pusat.

Sebelum kondisi kesehatannya menurun seperti sekarang ini, Ria Irawan sempat dinyatakan sembuh dari kanker kelenjar getah bening yang dideritanya. Selama 19 bulan Ria Irawan sempat terbebas dari kanker tersebut karena perjuangannya menjalani terapi penyembuhan.

Namun, kini penyakit itu datang kembali dan mulai menyebar keseluruh tubuh Ria Irawan. Bahkan karena kankernya itu, kini terdapat tumor di otak dan hatinya.

Meski mengidap kanker namun Ria Irawan berusaha tenang dan terus berjuang untuk bisa sembuh. Bahkan ia sempat menjadi survivor kanker untuk menyemangati orang-orang yang mengidap penyakit mematikan seperti dirinya.

Berikut perjuangan Ria irawan melawan kanker yang dirangkum Liputan6.com

1. Kanker Endometrium

Ria Irawan (Foto: Instagram/@riairawan)

Sebelum divonis mengidap kanker kelenjar getah bening, Ria Irawan awalnya menderita kanker endometrium pada tahun 2009.

Kanker tersebut berawal dari tumbuhnya miom yang terdapat di rahimnya. Sampai akhirnya miom tersebut semakin menebal dan menjadi kanker di dinding rahimnya.

Pada tahun 2014, Ria Irawan akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan dinding rahim.

2. Kanker Kelenjar Getah Bening

Ria Irawan (Foto: Instagram/@riairawan)

Setelah pengangkatan rahimnya karena terdapat kanker endometrium, Ria Irawan malah mendapat kabar tak sedap. Ternyata dalam dirinya juga terdapat kanker kelenjar getah bening yang sudah mulai menyebar di tubuhnya.

Setelah berjuang Ria Irawan sempat dinyatakan sembuh dari kanker kelenjar getah bening.

3. Gunakan BPJS

Ria Irawan (Foto: Instagram/@mayk_wongkar)

Selama menjalani pengobatan kanker yang di deritanya, Ria Irawan menggunakan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Pemilik nama asli Chandra Ariati Dewi Irawan tak malu menggunakan layanan tersebut untuk penyembuhannya.

4. Botak

(Sumber: Instagram/@riairawan)

Ria Irawan harus menjalani kemoterapi untuk mematikan kanker yang berada di tubuhnya. Karena efek kemoterap,i ia harus kehilangan rambut yang tumbuh di kepalanya.

Meski plontos, namun Ria Irwan tak malu. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk mengenakan hijab.

5. Lawan Tumor di Kepala dan Hatinya

Ria Irawan. (Instagram @riairawan)

Belum usai menyembuhkan kanker, terdapat tumor yang bersarang di kepalanya dan juga hatinya. Bahkan karena tumor di kepalanya itu, Ria Irawan sulit untuk berbicara.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ria Irawan Sulit Gerakkan Tubuhnya

Posted: 18 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris Ria Irawan kembali masuk ke rumah sakit akibat penyakit kanker yang ia derita. Melalui media sosialnya Ria bercerita ia sulit menggerakan tubuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina: Tak Ada Kenaikan Harga BBM

Posted: 18 Nov 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini beredar kabar kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi yang akan dilak‎ukan PT Pertamina (Persero) di tengah masyarakat, melalui pesan singkat media elektronik.

Menanggapi hal itu, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman pun menampik kabar kenaikan harga BBM bersubsidi tersebut. Kabar ini sebelumnya pun sempat beredar dan kembali disebarluaskan di tengah masyarakat.

"Pertamina menegaskan, informasi kenaikan harga BBM adalah tidak benar," kata Fajriyah, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Fajriyah pun mengimbau masyarakat, untuk memastikan kebenaran kabar ‎mengenai harga BBM dari informasi resmi yang dikeluaran perusahaan.

"Setiap kebijakan penyesuaian harga BBM diumumkan melaui website resmi www.pertamina.com," tuturnya.

 

 

Isi Pesan Singkat

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex mulai dari Rp500 hingga Rp900 per liter mulai 1 Juli 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dalam pesan singkat yang beredar, pada malam ini jam 24:00 BBM diinfokan bakal naik. Adapun kenaikan yang beredar yaitu Premium menjadi Rp 9.500 per liter, Pertalite menjadi Rp 11 ribu per liter, Pertamax Rp 14 ribu per liter, Bio Solar menjadi Rp 8.250 per liter dan Dexlite jadi Rp 13 ribu per liter.

Dalam pesan singkat tersebut juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengisian penuh BBM sebelum harga naik.

Tarif Energi Kendaraan Listrik Bakal Lebih Murah dari Harga BBM?

Ilustrasi Mobil Listrik. Kredit: MikesPhotos via Pixabay

Tarif pengisian energi untuk kendaraan listrik masih digodog. Namun PT PLN (Persero) menginginkan besarannya masih lebih murah dari Harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi PLN Disjaya M Ikhsan Asaad mengatakan, tarif pengisian energi untuk kendaraan listrik masih dibahas di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).‎

‎"Dari Kementerian ESDM ada harga khusus," kata Ikhsan,di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Menurut Ikhsan, ada dua yang dipertimbanan dalam menetapkan besaran tarif ‎listrik untuk kendaraan listrik. Pertama harus mampu bersaing dengan harga BBM, sehingga biayanya jauh lebih murah agar masyrakat meminati beralih ke kendaraan listrik.

"Agar bersaing dengan BBM," ujarnya.

Ikhsan melanjutkan, pertimbangan kedua adalah besaran tarif listrik khusus kendaraan listrik juga menguntungkan bagi investor, hal ini untuk menarik investor membangun fasilitas pengisian energi untuk kendaraan listrik.

Tarif tersebut harus menguntungkan, sebab biaya investasi membangun fasilitas pengisian energi untuk kendaraan listrik cukup mahal, sementara PLN kualahan jika harus membangunnya sendirian.

"Ini penting untuk menarik investasi, enggak mungkin PLN semua yang bangun," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terjebak 6 Jam, Penggali Sumur di Blitar Berhasil Dievakuasi

Posted: 18 Nov 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Proses evakuasi seorang penggali sumur di Kabupaten Blitar, Jawa Timur yang terjebak di dalam sumur sedalam 17 meter, berjalan dramatis. Dua orang yang mencoba menolong, gagal dan nyaris pingsan. Setelah enam jam, warga akhirnya berhasil mengangkat tubuh korban, dari sumur yang mengeluarkan gas beracun.  

Warga Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, digegerkan kabar terjebaknya penggali sumur, Lamidin (65), warga asal Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Korban terjebak di dalam sumur dengan kedalaman 17 meter.  Salah seorang anggota BPBD Kabupaten Blitar yang turun ke dalam sumur untuk mengevakuasi korban, sempat pingsan karena menghirup gas beracun. Untuk membuang gas beracun, untuk membuang gas beracun warga berusaha menyiramkan air dan menggunakan kipas angin. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, 18 November 2019.

Peristiwa bermula saat korban menggali sumur milik, Kelingan, warga setempat. Namun baru saja memulai pekerjaannya, korban berteriak minta tolong karena menghirup gas beracun di dalam sumur. 

Setelah terjebak di dalam sumur selama 6 jam, tubuh korban akhirnya berhasil dievakuasi dengan selamat.  Korban yang sehari-hari bekerja sebagai penggali sumur ini langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Nyaris Berkelahi, Ini Momen Cavani dan Lionel Messi Adu Mulut di Lapangan

Posted: 18 Nov 2019 09:21 PM PST

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi berbicara dengan penyerang timnas Uruguay, Edinson Cavani pada laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Keduanya saling beradu argumen di babak pertama yang berujung sebuah ajakan berkelahi dari Cavani. (Jack GUEZ / AFP)

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi berbicara dengan penyerang timnas Uruguay, Edinson Cavani pada laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Keduanya saling beradu argumen di babak pertama yang berujung sebuah ajakan berkelahi dari Cavani. (Jack GUEZ / AFP)

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi dan penyerang timnas Uruguay, Edinson Cavani selama laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Messi dan Cavani bersitegang sehingga keduanya harus sampai dipisahkan rekan-rekannya. (Jack GUEZ / AFP)

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi dan penyerang timnas Uruguay, Edinson Cavani selama laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Messi dan Cavani bersitegang sehingga keduanya harus sampai dipisahkan rekan-rekannya. (Jack GUEZ / AFP)

Para pemain berusaha memisahkan megabintang timnas Argentina, Lionel Messi dan penyerang timnas Uruguay, Edinson Cavani pada laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Messi dan Cavani terlibat adu mulut di lapangan, ketika Argentina tertinggal 0-1. (AP/Ariel Schalit)

Para pemain berusaha memisahkan megabintang timnas Argentina, Lionel Messi dan penyerang timnas Uruguay, Edinson Cavani pada laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Messi dan Cavani terlibat adu mulut di lapangan, ketika Argentina tertinggal 0-1. (AP/Ariel Schalit)

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi berbicara dengan pemain timnas Uruguay, Luis Suarez pada laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Messi dan Cavani bersitegang sehingga keduanya harus sampai dipisahkan rekan-rekannya. (AP/Ariel Schalit)

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi berbicara dengan pemain timnas Uruguay, Luis Suarez pada laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Messi dan Cavani bersitegang sehingga keduanya harus sampai dipisahkan rekan-rekannya. (AP/Ariel Schalit)

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi berbicara dengan pemain timnas Uruguay, Luis Suarez pada laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Messi dan Cavani bersitegang sehingga keduanya harus sampai dipisahkan rekan-rekannya. (AP/Ariel Schalit)

Megabintang timnas Argentina, Lionel Messi berbicara dengan pemain timnas Uruguay, Luis Suarez pada laga persahabatan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Senin (18/11/2019). Messi dan Cavani bersitegang sehingga keduanya harus sampai dipisahkan rekan-rekannya. (AP/Ariel Schalit)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Liburan Niken Anjani, Tampil Modis dan Kece

Posted: 18 Nov 2019 09:20 PM PST

Niken Anjani merupakan salah satu artis Tanah Air memulai kariernya dengan iseng mengikut kasting. Namun keberuntungan menghampirinya, kini Niken telah bermain lebih dari 5 judul film dan FTV. (Liputan6.com/IG/@nikenanjanii)

Niken Anjani merupakan salah satu artis Tanah Air memulai kariernya dengan iseng mengikut kasting. Namun keberuntungan menghampirinya, kini Niken telah bermain lebih dari 5 judul film dan FTV. (Liputan6.com/IG/@nikenanjanii)

Selain piawai dalam dunia akting, paras cantik Niken kerap mendapat pujian dari para penggemarnya. Pasalnya Niken sering tampil cantik tanpa harus bergaya berlebihan dan glamor. (Liputan6.com/IG/@nikenanjanii)

Selain piawai dalam dunia akting, paras cantik Niken kerap mendapat pujian dari para penggemarnya. Pasalnya Niken sering tampil cantik tanpa harus bergaya berlebihan dan glamor. (Liputan6.com/IG/@nikenanjanii)

Tampil cetar di layar televisi merupakan salah satu tuntutan yang dimiliki publik figur. Namun saat liburan, Niken Anjani terlihat simpel dan kece dengan mini dress berwarna hitam. (Liputan6.com/IG/@nikenanjanii)

Tampil cetar di layar televisi merupakan salah satu tuntutan yang dimiliki publik figur. Namun saat liburan, Niken Anjani terlihat simpel dan kece dengan mini dress berwarna hitam. (Liputan6.com/IG/@nikenanjanii)

Melalui akun Instagramnya wanita kelahiran Jakarta, 18 Agustus 1987 ini memiliki hobi travelling. Penampilannya saat liburan pun terlihat begitu modis, ia tampil manis dengan tank top putih yand dipadukan celana kain berwana hitam. (Liputan6.com/IG/@nikenanjanii)

Melalui akun Instagramnya wanita kelahiran Jakarta, 18 Agustus 1987 ini memiliki hobi travelling. Penampilannya saat liburan pun terlihat begitu modis, ia tampil manis dengan tank top putih yand dipadukan celana kain berwana hitam. (Liputan6.com/IG/@nikenanjanii)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manohara Jadi Vegan, Makin Selektif Pilih Pakaian

Posted: 18 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manohara memiliki perhatian lebih terhadap lingkungan hidup. Apalagi sejak ia menjadi vegan.

Bahkan Manohara aktif di lembaga yang bergerak dalam perlindungan jual beli hewan.

Hal itu disampaikan Manohara kepada awak media di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

"Aku punya bisnis publishing yang sudah berjalan hampir 5 tahun dan sering sekali ke luar kota untuk JAAN (Jakarta Animal Aid Network), yaitu sebuah organisasi nirlaba di Indonesia untuk mengonter perdagangan hewan liar," kata Manohara.

Jadi Vegan 6 Tahun Lalu

Foto profil Manohara (Nurwahyunan/bintang.com)

"Biasanya hewan-hewan yang diperjualbelikan secara ilegal, diambil oleh JAAN, direhabilitasi dan dirilis kembali," beri tahu aktris kelahiran Jakarta, 28 Februari 1992.

Di samping itu, Manohara mengaku sudah menjalani gaya hidup sebagai vegan sejak 6 tahun terakhir.

Bukan Vegan Yang Sempurna

Digosipkan Dekat dengan Zack Lee, Ini 6 Potret Cantik Manohara (sumber: Instagram.com/manodelia)

"Iya, (saya menjadi vegan) sejak 2013 dan saya bukan vegan yang sempurna. Kan ada vegan yang kayak disiplin banget. Misalnya dalam roti mengandung susu atau telur, saya akan tetap makan kalau memang hanya itu opsinya," ungkap Manohara.

 

Selektif Pilih Barang

Manohara (Sumber: Instagram/manodelia)

Selain pilih-pilih makanan, Manohara juga selektif memakai barang-barang. Manohara memilih untuk tidak menggunakan barang-barang yang berasal dari hewan.

 

Pakaian Dari Kulit

"Jadi saya 80 persen vegan vegetarian, tapi itu juga sudah lama. Itu juga alasan kenapa saya enggak pakai barang-barang dari kulit yang baru," Manohara menyambung.

"Karena pakaian berbahan kulit baru itu justru berdampak jelek untuk lingkungan. Bahan-bahan busana yang digunakan kebanyakan pakai microplastic dan kimia, jadi saya memutuskan untuk beli kulit tapi yang vintage," pungkas Manohara. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut Jiwasraya Terus Putar Otak Atasi Masalah Perusahaan

Posted: 18 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mulai angkat bicara mengenai kondisi terkini perusahaan asuransi jiwa tertua di Indonesia tersebut.

Direktur Utama Jiwasraya, Hexana Tri Sasangko mengakui, saat ini perseroan memang tengah menghadapi 2 persoalan serius mulai dari seretnya likuiditas perseroan, hingga pada defisit kecukupan modal berdasarkan risiko perusahaan asuransi atau risk base capital (RBC).

"Yang harus digarisbawahi bahwa Kami beserta pemegang saham akan terus mencari solusi untuk 2 masalah tadi, dan berjuang untuk nasabah. Jadi Kami percaya bahwa para nasabah akan bersabar ketika mengetahui apa yan sedang dilakukan manajemen bersama pemegang saham," ujar Hexana saat ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa siang (19/11/2019).

Seperti diketahui, mengacu pada bahan paparan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPR/MPR pekan lalu, manajemen baru Jiwasraya sedang membutuhkan dana segar untuk menutup defisit likuiditas perusahaan, pasca kesalahan penempatan portofolio investasi yang dilakukan manajemen lama, di bawah pimpinan Hendrisman Rahim dan Hary Prasetyo.

Sebagai siasat demi memenuhi kebutuhan likuiditas tersebut, manajemen baru bersama Kementerian BUMN selaku pemegang saham Jiwasraya telah merancang 5 skenario penyelamatan mulai dari: pencarian investor strategis untuk Jiwasraya Putra, pembentukkan Lembaga Penjamin Polis (LPP), pembentukan holding BUMN sektor keuangan hingga merilis produk-produk asuransi dengan menggandeng perusahaan reasuransi atau financial reasuransi (Finre).

 

Dana Segar Rp 5 Triliun

PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Hexana membeberkan, sejak dipercaya menjabat sebagai Direktur Utama Jiwasraya pada akhir 2018 silam, dirinya bersama direksi baru telah berhasil menghimpun dana segar mecapai hampir Rp 5 triliun yang diperoleh melalui reaktivasi aset-aset perseroan, hingga pada transformasi produk-produk asuransi tradisional yang selama ini belum dimaksimalkan manajemen lama.

Tak ayal, dengan dana segar tadi Jiwasraya pun mampu bertahan sejak tahun lalu hingga beberapa waktu mendatang.

"Tentu saja dengan dana bridging yang terkumpul tadi, Kami memiliki limit. Namun secara pararel Kami akan terus menjalankan corporat action yang sudah direncanakan sambil melakukan konsolidasi tim di internal," imbuhnya.

Sedangkan saat disinggung mengenai adanya pelaporan Kementerian BUMN ke pihak Kejaksaan Agung terkait dugaan fraud yang dilakukan manajemen lama, Hexana memilih irit bicara dan mengembalikan keputusan tersebut ke pemegang saham.

Ia pun menegaskan bahwa pelaporan terhadap manajemen lama Jiwasraya tidak akan mengganggu jalannya bisnis perusahaan dan upaya penyelamatan Jiwasraya.

"Kalau untuk urusan legal lebih baik ditanyakan langsung ke pihak terkait dan kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Kami profesional yang siap ditempatkan di mana saja untuk menyelesaikan tugas yang diberikan," pungkas Hexana.

DPR Cecar OJK soal Pengawasan Jiwasraya dan Bumiputera

Gedung DPR/MPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (4/11/2015). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komisi XI DPR RI mencecar Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai kualitas pengawasan terhadap industri jasa keuangan. Hal ini menyusul masalah kekurangan permodalan dan likuiditas yang mendera dua perusahaan asuransi terkemuka PT Asuransi Jiwasraya dan AJB Bumiputera 1912.

"Ada pembayaran klaim yang belum terbayar di daerah pemilihan (dapil) saya. Ada juga masalah-masalah di industri keuangan yang terus mencuat, padahal semangat Komisi XI saat menyetujui pendirian OJK, yang berpisah dari Bank Indonesia, agar pengawasan lebih efektif," ujar Anggota Komisi XI DPR Vera Febyanthy dari Fraksi Partai Demokrat dikutip dari Antara, Senin (18/11/2019).

Vera meminta Dewan Komisioner OJK mengingat kembali tujuan pendirian lembaga pengawas dan regulator itu. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan kontribusi sektor mikroprudensial terhadap perekonomian.

Namun saat ini, ujar Vera, justru, banyak kasus yang mencuat mengenai buruknya kesehatan beberapa perusahaan jasa keuangan, dan hal itu mengancam stabilitas sistem keuangan.

Anggota Komisi XI DPR Misbakhun meminta sebelum usulan anggaran OJK disetujui oleh parlemen, lembaga pengawas industri keuangan itu harus memaparkan terlebih dahulu rencana untuk menyehatkan industri jasa keuangan.

Misbakhun, secara khusus menyoroti masalah kekurangan permodalan Jiwasraya, kekurangan likuiditas Bumiputera, dan pencarian investor oleh PT Bank Muamalat yang tak kunjung rampung.

"Hal ini harus dibahas sebelum rapat panitia kerja (panja), karena jarang-jarang juga kita bisa mengumpulkan Dewan Komisioner OJK secara komplet seperti sekarang ini," ujar Misbakhun dari Fraksi Partai Golkar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

108 PKL Senen Akan Dipindah ke Pasar Kenari Awal Desember

Posted: 18 Nov 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, sebanyak 108 pedagang kaki lima Pasar Senen akan segera direlokasi ke Pasar Kenari Jakarta Pusat, awal Desember nanti.

"(Relokasi) di Pasar Kenari, ada 108 pedagang," ujar Irwandi, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Ia menuturkan, tidak semua PKL yang akan dipindahkan setuju dengan kebijakan tersebut. Kendati demikian, Irwandi bergeming, sebab relokasi dilakukan dengan pertimbangan penertiban.

Tidak jarang, kata Irwandi, para PKL menjajakan dagangan mereka di sebagian bahu jalan yang menimbulkan kemacetan. Ia menargetkan awal Desember para PKL sudah tidak lagi beraktifitas di sana.

"Karena nanti buat perbaikan underpass Senen yang lagi dibangun," tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama PD Padar Jaya Arief Nasrudin mengatakan kios untuk PKL Senen sudah disediakan menyesuaikan jumlahnya. Jika dirasa masih kurang dan di Pasar Kenari sudah penuh, Pasar Jaya masih memiliki pasar lainnya untuk menampung pedagang.

"Kios di sesuaikan dengan kebutuhan yang diminta Pak Wali Kota agar semua pedagang bisa ditampung," kata Arief dikutip dari Antara.

Arief menambahkan, pedagang tidak perlu khawatir dengan jumlah pembeli karena Pasar Kenari dirancang sebagai tempat "one stop shopping" sehingga dapat menarik minat pengunjung dengan berbagai kebutuhan untuk datang berbelanja.

"Sekarang di Pasar Kenari Lantai 3, ada Jakbook yang cukup ramai dan sedang dalam proses pembangunan Bioskop di atasnya," kata Arief.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Penelitian LSM soal Telur Ayam Terkontaminasi Dioksin di 2 Desa Jatim

Posted: 18 Nov 2019 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hasil penelitian menyebutkan sampel telur ayam kampung di Desa Tropodo, Sidoarjo, Jawa Timur mengandung kadar dioksin tinggi. Sampel penelitian telur ayam kampung itu diambil di dekat sebuah pabrik tahu di Sidoarjo yang membakar plastik sebagai bahan bakar.

Konsentrasi dioksin yang tinggi yang ditemukan di Indonesia ini hampir sama dengan konsentrasi dioksin dalam telur ayam kampung yang diambil di dekat hotspot Agent Orange di Bien Hoa, Vietnam yang dianggap sebagai salah satu lokasi yang paling terkontaminasi dioksin di dunia.

Hasil studi ini dilakukan oleh jaringan global untuk advokasi kebijakan dan kesehatan lingkungan IPEN, bersama Arnika Association dan LSM Indonesia Nexus3 dan Ecoton. Studi itu dimuat dalam laporan "Limbah Plastik Meracuni Rantai Makanan Indonesia".  Adapun IPEN, jaringan kesehatan lingkungan global dari lebih 550 organisasi di 122 negara.

Dari studi, hasil pengumpulan dan analisis telur ayam kampung di Desa Bangun dan Tropodo, Jawa Timur.  Sampel telur ayam ini diambil di dekat pabrik tahu di Tropodo yang menggunakan plastik untuk bahan bakar. Selain itu, di Desa Bangun, warga membakar tumpukan sampah plastik untuk mengurangi volume tumpukan sampah di jalan dan sekitar rumah.

Limbah plastik impor telah membanjiri wilayah ini sejak China menutup pintu untuk limbah plastik dunia pada 2018. Berdasarkan data UN Comtrade, volume impor limbah plastik Indonesia naik dua kali lipat antara 2017 dan 2018.

Telur yang dikumpulkan dari masyarakat ditemukan mengandung bahan kimia terlarang yang sangat berbahaya termasuk dioksin, zat penghambat nyala, dan PFOS yang merupakan bahan kimia yang beracun selamanya.

Hasil analisis menemukan konsentrasi dari dioksin, bifenil poliklorinasi (PCB), eter difenil polibrominasi (PBDEs), parafin terklorinasi rantai pendek (SCCP) dan perflurooctane sulfonate (PFOS) dalam tingkat tinggi pada sampel telur ayam kampung. Semua bahan kimia beracun ini diatur secaraglobal dalam konvensi Stockholm.

Orang dewasa yang memakan satu telur dari ayam kampung yang dilepas untuk mencari makan di sekitar pabrik tahu di Tropodo akan melebihi asupan harian yang ditoleransi (tolerable daily intake/TDI) oleh Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA) untuk dioksin terklorinasi sebanyak 70 kali lipat.

Sementara itu, telur yang dikumpulkan dekat tempat pembuangan plastik di Desa Bangun terkontaminasi oleh PFOS (bahan kimia yang "beracun selamanya") yang diregulasi secara global pada konsentrasi yang sebanding dengan kawasan industri di Eropa.

Selanjutnya

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Telur dari Tropodo dan Bangun mengandung SCCPs dan PBDEs, bahan kimia tahan api beracun yang digunakan dalam plastik. Berdasarkan penelitian, pajanan dioksin terkait dengan berbagai penyakit serius pada manusia, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes dan endometriosis.

Bahan kimia penghambat nyala, SCCPs dan PBDEs menganggu fungsi endokrin dan secara negatif mempengaruhi kesehatan reproduksi. PFOS menyebabkan kerusakan sistem reproduksi dan kekebalan tubuh.

Skrap plastik memasuki Indonesia melalui impor daur ulang, termasuk pengiriman skrap kertas. 1,5 juta ton potongan kertas impor digunakan oleh pendaur ulang kertas sebagai bahan baku kertas baru di Indonesia setiap tahun.

Dalam tiga tahun terakhir, jumlah skrap plastik di dalam bundle kertas daur ulang yang diimpor ke Indonesia melonjak dari 2-10 persen menjadi 60-70 persen. Ini menunjukkan skrap kertas digunakan untuk menyembunyikan pembuangan limbah plastik.

"Impor terutama berasal dari Australia, Kanada, Irlandia, Italia, Selandia Baru, Inggris dan AS. Bangun dan Tropodo adalah desa-desa yang terkena dampak yang terletak di dekat perusahaan kertas. Mereka menerima lebih dari 50 ton plastik bermutu rendah setiap hari," tulis laporan itu.

Salah satu pendiri dan Penasihat Senior Nexus3 Indonesia, Yuyin Ismawati menuturkan, sampah plastik adalah masalah pencemaran kimia beracun yang serius. Ia menyebutkan, hasil penelitian itu seharusnya menyalakan tanda bahaya di setiap komunitas yang berjuang tangani tsunami sampah plastik.

"Negara-negara utara harus berhenti memperlakukan negara-negara di Selatan sebagai tempat sampah mereka," ujar dia.

Para ahli kimia dan kebijakan yang terlibat dalam penelitian sepakat bencana kesehatan lingkungan yang muncul diungkapkan dalam laporan ini menyerukan larangan total terhadap pembakaran sampah plastik, kontrol impor sampah plastik yang ketat dan penguata regulasi di tingkat nasional. Selain itu, melalui kebijakan bahan kimia dan limbah global serta mematuhi pada Konvensi Stockholm dan Konvensi Basel.

Penasihat IPEN danggota BAT/BEP Stockholm dan kelompok ahli Dioxin, Lee Bel menuturkan, polusi plastik membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan tidak hanya dari banjir sampah plastik yang kasat mata tetapi juga kontaminan kimia yang tak terlihat dalam plastik dan terlepas ke lingkungan saat membakar plastik.

Gubernur Khofifah Imbau Warga Tak Perlu Cemas Konsumsi Telur Jatim

Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak bersama Gubernur Jambi definitif, Fachrori Umar sebelum dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir mengonsumsi telur yang diproduksi peternak ayam petelur Jatim.

Hal ini karena, telur yang beredar di masyarakat adalah telur yang sehat dan diproduksi dengan menerapkan pola good farming practices. Good farming practices adalah tatalaksana peternakan yang meliputi segala aktivitas teknis dan higinis dalam hal pemeliharaan sehari-hari, cara dan sistem pemberian pakan, sanitasi, serta pencegahan dan pengobatan penyakit.

"Sebanyak 96,3 persen telur di Jawa Timur dihasilkan dari ayam ras petelur yang sudah menerapkan good farming practices, dan sisanya  3,7 persen telur dari ayam buras/kampung yang belum dikandangkan secara permanen, di antaranya ditemukan di  daerah Tropodo. Untuk itu, masyarakat jangan khawatir karena telur dari Jatim sehat dan tidak mengandung racun," terang Khofifah sapaan akrab Gubernur Jatim saat melakukan kunjungan ke Kelompok Telur Intan di Kecamatan Tumpang, Malang, Minggu, 17 November 2019, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Khofifah mengungkapkan, imbauan ini disampaikan sehubungan dengan adanya rilis hasil penelitian jaringan kesehatan global (IPEN). Yang menyebutkan, ayam buras/kampung yang dipelihara secara umbaran dan mencari makan di tumpukan plastik di daerah Tropodo, Sidoarjo, memiliki tingkat kontaminasi dioksin terparah kedua sedunia.

Untuk memastikan, peternakan rakyat sudah menerapkan good farming practices, khofifah didampingi dinas peternakan provinsi Jatim, bupati Malang serta dekan fakultas peternakan Universitas Brawijaya melakukan kunjungan langsung ke daerah peternakan rakyat ayam petelur di Plumpang - Malang. 

Kunjungan tersebut difokuskan di peternakan milik H Kholik yang memiliki populasi sekitar 300 ribu ekor ayam, dengan produksi telur sekitar 14 ton/hari atau setara 210 ribu butir/hari. Dimana, di peternakan ini quality controlnya sangat terjaga.

Bahkan, telur-telur yang dipasarkan peternakan ini hanya yang Grade A atau kualitas terbaik. "Telur-telur yang dipasarkan peternakan ini hanya yang Grade A dengan kualitas terbaik. Sedangkan yang Grade B tidak dipasarkan. Untuk itu, telur-telur ini sangat aman dikonsumsi masyarakat," kata Khofifah.

Orang nomor satu di Jatim ini menambahkan, pemeliharaan unggas dengan penerapan good farming practices terhadap 92,5 persen unggas penghasil telur di Jatim telah menggunakan pakan yang memiliki Nomor Pendaftaran Pakan (NPP).

Terlebih lagi, produksi telur unggas di Jatim pada 2018 mencapai 543,56 ribu ton atau setara 8,2 miliar butir telur. Serta berkontribusi sebesar 29 persen terhadap nasional atau peringkat 1 nasional. "Jatim telah surplus telur unggas mencapai 2,8 milyar butir telur, dan telah mampu mensuplai provinsi lain di Indonesia," urai mantan Menteri Sosial ini.

 

Upaya Pemprov Jatim

Untuk menjamin kualitas dan mutu telur di Jatim, Pemprov Jatim melalui Dinas Peternakan telah melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan sertifikasi kompartemen bebas penyakit flu burung di seluruh breeding farm yang memproduksi bibit untuk ayam petelur dan pedaging final.

Selain itu, dengan melakukan uji yang dilanjutkan sertifikasi bebas penyakit Pullorum untuk induk ayam yang menghasilkan bibit ayam umur sehari yang akan diedarkan ke masyarakat.

Serta, melakukan pengambilan dan pengujian sampel telur dan daging unggas oleh Laboratorium Kesehatan Hewan secara periodik. Bagi para peternak ayam petelur, Khofifah juga berpesan, agar tidak perlu resah karena telur yang diproduksi adalah telur yang berkualitas, di bawah pengawasan Dinas Peternakan Provinsi maupun kabupaten/kota. Sehingga, akan tetap dibutuhkan oleh konsumen.

"Para peternak ayam telur jangan resah, karena telur yang dihasilkan berkualitas dan tidak mengandung racun. Oleh sebab itu, konsumen juga masih sangat membutuhkannya," terangnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini meminta, bagi masyarakat yang memelihara ayam kampung dengan cara dilepas atau diumbar untuk segera beralih pemeliharaan unggas dengan skala bisnis dan dikandangkan.

"Bagi masyarakat yang memelihara ayam kampung dengan cara diumbar, harap segera beralih dengan mengkandangkan ayam peliharaannya. Hal ini penting dilakukan untuk menjamin telur yang dihasilkan," tutur dia.

Secara khusus untuk Pemkab Sidoarjo, pihaknya berharap agar segera melakukan koordinasi dengan camat,lurah dan kades setempat. Utamanya untuk melakukan pembinaan kepada peternak ayam petelur agar melakukan budidaya secara higienis.

"Saya harap Pemkab Sidoarjo lewat segera koordinasi dengan seluruh jajarannya, agar bisa melakukan pembinaan untuk budidaya higenis maupun kandangisasi. Hal ini penting, karena tugas pemerintah adalah memberikan solusi terbaik bagi masyarakat termasuk peternak," pungkas Khofifah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Ayu Ting Ting saat Pemotretan dengan Gaun Elegan, Cantik Memesona

Posted: 18 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Ayu Ting Ting sepertinya tak pernah lepas dari sorotan publik. Mulai soal kariernya, gaya busana hingga kehidupan pribadi wanita kelahiran 20 Juni 1992 ini kerap menjadi perhatian.

Meski kerap mencuri perhatian netizen, akan tetapi ibu satu anak ini tetap mengedepankan soal karier. Bahkan, baru-baru ini Ayu Ting Ting berhasil meraih beberapa penghargaan dalam Anugerah Dangdut Indonesia 2019. Tak tanggung-tanggung, Ayu pun berhasil membawa pulang 4 piala dalam acara tersebut.

Tak hanya prestasinya saja yang jadi sorotan, busana yang dikenakan oleh Ayu Ting Ting pun sukses curi perhatian. Pedangdut 27 tahun ini juga cukup sering mendapatkan sorotan karena pemotretan yang dilakukan olehnya.

Terbaru, Ayu Ting Ting mengunggah beberapa foto di akun Instagram pribadinya usai melakukan pemotretan bersama fotografer Vickar Adam. Penampilan Ayu Ting Ting pun menuai pujian karena gaun elegan yang digunakannya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @ayutingting92, Selasa (19/11/2019) berikut ini beberapa gaya terbaru Ayu Ting Ting saat melakukan pemotretan.

1. Penampilan Ayu Ting Ting dengan gaun rancangan Angela Prisa ini terlihat memesona.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

2. Tak sedikit pula netizen yang memberi pujian terhadap penampilan Ayu Ting Ting ini.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

3. Ia pernah mengenakan gaun berwarna putih karya Bella Shofie loh.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

4. Bahkan, gaya Ayu dengan tema Love in White ini sukses jadi sorotan.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

5. Gaya busana Ayu saat datang di Anugerah Dangdut Indonesia 2019 juga sukses tuai sorotan.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

6. Ia tampil menawan dalam gaun berwarna hijau dengan kombinasi hitam.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

7. Bahkan, dalam foto unggahannya di akun Instagram pribadi, Ayu Ting Ting terlihat bahagia dengan membawa tiga pialanya.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu Retno Ingatkan Pengusaha Soal Gejolak Ekonomi Global

Posted: 18 Nov 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Menara Kadin, Jakarta. Dalam kesempatan itu, dirinya menyampaikan berbagai kondisi perekonomian global di berbagai negara.

Menteri Retno mengatakan, isu ekonomi saat ini memang menjadi pembicaraan hangat setiap pertemuan antar kepala negara. Utamanya adalah masalah investasi dan perdagangan di tengah perlambatan ekonomi dunia.

"Kalau dulu pembahasan politik dominan. Sekarang setiap pertuman pembahasan isu adalah masalah ekonomi," kata Menteri Retno dalam sambutannya, di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (19/11).

Dia menceritakan, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Bangkok beberapa waktu lalu, isu ekonomi menjadi fokus pembicaraan dari berbabagi negara. Rata-rata negara maju bahkan merasa khawatir dengan kondisi perekonomian dunia.

"Di dalam situ ada Sekjen PBB, IMF, dari semua pembicaraan maka satu kesimpulan tampak sekali kekhawatiran para pemimpin dunia mengenai situasi dunia saat ini aspek politik dan ekonomi," jelas Retno.

 

Laporan IMF

Presiden Jokowi berbincang dengan Menlu Retno Marsudi di KTT ke-14 Asia Timur di Bangkok, Thailand, Senin (4/11/2019). (Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Pada aspek ekonomi, laporan IMF menyebutkan bahwa terjadi perlambatan pertumbuhan ekomomi bahkan terendah sejak terjadinya krisis. Dalam enam bulan terkahir, koreksi pertumbuhan ekonomi dunia yang dilakukan oleh IMF terus mengalami perubahan.

"Pertumbuhan ekonomi untuk 2019 diperkirakan 3,2 persen dan di 2020 ada sedikit kenaikan 3,5 persen tapi sekali lagi subjek situasi yang terjadi di dunia bukan tidak mungkin bisa berubah jika situasi dunia tidak berubah," katanya.

Menteri Retno menambahkan, perlambatan pertumbuhan ekokomi dunia juga terjadi dihampir 90 persen negara maju. "Semua negara mengalami pertumbuhan melambat. IMF katakan global ekonomi sedang slow down. Dan IMF katakan lebih," imbuh dia.

 

Perang Dagang Masih Berlangsung

Menlu Retno Marsudi (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di samping itu, Menteri Retno juga mengingatkan situasi lain yang perlu diantisipasi oleh pelaku pasar. Kondisi perang dangan Amerika Serikat dan China masih akan terus berlangsung. Tak sampai di situ, bahkan keregangan hubungan juga terjadi antara Jepang dan Korea Selatan membuat kondisi semakin tak menentu.

"Tidak bisa kita kesampingkan saat kita bicara masalah ekspor impor. Jadi tampaknya itu menjadi tren sekarang," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Zodiak yang Kalem dan Cenderung Menghindari Drama

Posted: 18 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai manusia, kita cenderung berbicara tentang hal-hal menyebalkan yang mengejutkan atau yang dilakukan orang, ketimbang kebaikannya. Jika seseorang cenderung suka menghindari pertengkaran, mereka mungkin dilahirkan di bawah salah satu tanda zodiak yang bebas drama.

Bukan karena orang-orang ini membosankan, mereka hanya tidak melakukan hal-hal dalam hidup dengan mengorbankan orang lain. Berikut ini 6 zodiak yang kalem dan cenderung menghindari drama seperti dilansir dari Yourtango.

1. Capricorn

Capricorn terlalu fokus pada hal-hal yang ingin mereka capai sehingga tak ada waktu untuk drama. Mereka tak ingin membuang energi untuk berurusan dengan drama, mereka juga tidak menikmati drama orang lain.

Mereka praktis dan cukup bijaksana untuk menjaga diri mereka dari urusan orang lain dan tidak memperburuk masalah. Capricorn tidak mencari konflik apapun, jadi mereka cenderung menyimpan pendapat mereka tentang orang lain.

 

2. Libra

Ramalan Zodiak Libra 2019/Copyright Fimela

Libra lebih membenci konflik daripada Capricorn. Mereka juga berusaha menghindari konfrontasi. Libra menghindari pertengkaran dengan orang lain kecuali itu masalah yang berbicara dalam hati mereka.

Mereka mencoba melihat sesuatu dari berbagai sudut pnadang dan tak pernah menganggap mereka tahu atau memahami motivasi atau hasil akhir orang lain. Jika Libra dimintai bantuan, mereka akan melakukan apa yang mereka bisa untuk menyelesaikan masalah atau setidaknya menemukan jalan keluar.

 

3. Sagitarius

Sagitarius.  (Sumber foto: Bintang.com/DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Salah satu sifat yang sangat bagus yang mereka miliki adalah kemampuan mereka untuk menelan harga diri mereka dan meminta maaf jika mereka salah. Mereka kan mengambil tanggung jawab atas tindakan merkea dan menghentikan hal-hal meningkat dan menjadi lebih buruk.

Mereka cenderung positif, ceria, dan suka bersosialisasi. Sagitarius tahu batas kemampuan mereka dan tak memberikan nasihat tanpa diminta. Jika mereka berada dalam situasi menegangkan yang terjadi bukan karena ulah mereka, mereka lebih memilih pergi daripada menambah ketegangan.

 

4. Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius 2019/Copyright Fimela

Aquarius membenci drama terutama yang terlalu emosional dan mereka terlalu sibuk untuk kreatif untuk memasukkan diri mereka dalam situasi di mana mereka tidak termasuk. Kadang-kadang mereka mungkin dianggap sebagai pendiam atau menyendiri tetapi hanya mereka yang berhati-hati.

Yang benar adalah Aquarius lebih memikirkan urusan mereka sendiri, sebagian besar karena kehidupan mereka sendiri cukup penuh tanpa mencampuri orang lain. Ketika ada masalah, Aquarius membicarakannya dengan jujur, alih-alih mengabaikannya.

 

5. Virgo

Ramalan Zodiak Virgo 2019/Copyright Fimela

Virgo waspada dan cerdas. Mereka tahu kapan ada masalah atau potensi masalah dan mereka tahu untuk tidak melakukannya. Mereka sangat dipercaya dan cenderung menjauhi gosip.

Jika seseorang memberi tahu mereka rahasia dan meminta untuk menyebarkannya, Virgo akan menepati janji mereka tidak akan memberi tahu siapa pun, bahkan orang-orang terdekat mereka. Mereka juga dapat diandalkan.

 

6. Taurus

Taurus. (Sumber foto: Bintang.com/DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Taurus tahu bagaimana mengatakan tidak. Mereka tidak setuju dengan hal-hal yang tidak ingin mereka lakukan. Orang-orang tahu di mana mereka berdiri dengan Taurus dan itu membantu untuk menghentikan drama yang potensial.

Mereka mengatakan sebenarnya, baik dan melakukan hal-hal hanya untuk membuat orang bahagia, seperti memberi bunga tanpa alasan atau mengajak seseorang keluar untuk makan malam ketika mereka mengalami hari yang buruk. Jika Taurus menyebabkan masalah, mereka bertanggung jawab dan memperbaikinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuksedo BTS Saat Hadiri Grammy Awards 2019 Bakal Dipajang di Museum

Posted: 18 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Eksistensi boyband K-pop, BTS, di kancah musik dunia patut diacungi jempol. Selain soal karya, popularitas boyband pelantun Boy With Luv ini pun sukses memikat jutaan penggemar.

Mereka sempat berkesempatan hadir di deretan perhelatan musik bergengsi, termasuk Grammy Awards 2019. Gelaran ini telah berlangsung pada 11 Februari 2019 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat.

Kala itu, semua member BTS tampil apik dalam balutan tuksedo. Dilansir Soompi, Selasa (19/11/2019), tuksedo yang dikenakan BTS saat menghadiri Grammy Awards 2019 akan dipanjang di Grammy Museum di Los Angeles.

Grammy Museum akan membuka "On The Red Carpet presented by Delta Exhibit" pada 20 November 2019. Sedangkan, pakaian yang dikenakan para personel BTS pada gelaran itu juga akan dipajang.

Pameran ini akan dihadirkan di lantai tiga Grammy Awards Museum hingga musim semi mendatang. Selain BTS, ada pula pakaian pesohor lain yang bakal dimuseumkan, mulai dari Alicia Keys, Rihanna, Kanye West, sampai Amy Winehouse.

Pada Februari lalu, BTS tercatat jadi artis Korea pertama yang naik ke panggung Grammy Awards. Mereka hadir mempersembahkan penghargaan Best R&B Album. Lalu, mereka diundang ke Grammy Museum pada September 2018 untuk wawancara khusus bertajuk A Conversation with BTS.

Di Balik Tuksedo BTS di Grammy Awards 2019

Personel BTS di karpet merah Grammy Awards 2019 di Los Angeles, Amerika Serikat, 10 Februari 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Kehadiran BTS di gelaran Grammy Awards 2019 berhasil jadi sorotan berbagai pihak. Tak hanya soal musikalitas, penampilan mereka di karpet merah tak luput jadi perhatian.

Dilansir Vogue, Selasa (19/11/2019), semua personel BTS kompak tampil dalam balutan tuksedo hitam. Bukan dari desainer luar negeri, outfit mereka dipersembahkan oleh dua perancang asa Korea Selatan.

Adalah JayBaek Couture yang memberikan penampilan khusus untuk V, Jungkook, Jin, Jimin, Suga, dan RM. Sementara, J-Hope mengenakan outfit dari desainer Kim Seo Ryong yang labelnya telah lama jadi sorotan di Seoul Fashion Week.

JayBaek Couture sering mempersembahkan outfit untuk aktor seperti Hyun Bin untuk pemutaran perdana film. Begitu pula dengan bintang K-pop seperti BTS dan GOT7 untuk acara penghargaan regional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Idap Tumor Ganas di Perut, Resya Bocah di Tasikmalaya Butuh Uluran Tangan

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Resya Setiawan (11), bocah asal Tasikmalaya, Jawa Barat, tak bisa bermain dengan teman sebayanya. Penyakit tumor ganas yang menyerang perutnya membuat siswa SD kelas IV itu tak bisa bergerak leluasa karena perut yang terus membesar.

Anak pasangan Ikin Sodikin dan Siti Maesaroh itu kini hanya bisa pasrah sembari berharap ada keajaiban. Resya sendiri hingga Senin (18/11/2019) dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin, Kota Bandung.

"Resya saat ini kondisi kankernya memang sudah stadium empat. Sudah ada penyebaran ke paru kemudian dia juga gizinya buruk dan ada infeksi paru," kata Dr. Susi Susanah, dr.,SpA(K), MKes, dokter yang menangangi Resya. 

Susi menjelaskan, Resya datang ke rumah sakit dengan kondisi kanker jaringan otot atau Rabdomiosarkoma yang masuk stadium lanjut.

Diagnosa awal, kanker yang dialami Resya merupakan kanker hati. Namun belakangan diketahui kanker yang berada di sekitar liver itu berasal dari jaringan otot. Adapun sel kanker sudah menyebar ke hati dan paru-paru.

"Tumornya sangat besar, sudah kena di bagian hati. Secara teknis sulit untuk dioperasi," kata Susi.

Susi menyebutkan, Resya masih dalam kondisi sadarkan diri dan dapat diajak berinteraksi. Namun, pasien terpaksa menggunakan infus untuk memberikan asupan nutrisi mengingat adanya pendarahan di saluran cerna. Selain itu, Resya kerap merasakan sesak napas ketika berjalan.

Menurut Susi, dengan kondisi pasien saat ini tidak memungkinkan untuk diambil tindakan operasi. Sebab, tumor ganas yang diidap bocah malang itu berada di kedua liver miliknya.

"Jadi bingung operasinya juga karena pada saat itu dia kena radang paru-paru berat juga, ada pneumonia. Kalau kita paksakan kemoterapi, pasien kanker anak yang dalam keadaan baik pun dikemoterapi itu efek sampingnya sudah banyak. Apalagi kalau kondisinya sudah seperti ini," katanya.

 

Sejak Januari 2019

Resya diketahui mengidap tumor sejak Januari 2019. Warga Kampung Sukaasih, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya itu mulai berobat ke RSHS pada April 2019. Kemudian pasien kembali mendapatkan perawatan mulai tanggal 21 Oktober 2019 lalu.

Menurut keterangan Susi, Resya datang dengan gizi buruk. Kadar albuminnya sudah sangat rendah sehingga pasien pun ditransfusi albumin. Selain itu, kaki pasien mengalami bengkak akibat dari kekurangan albumin.

Rencananya, Resya akan menjalani perawatan paliatif, sebuah upaya pelayanan kepada pasien yang penyakitnya sudah tidak bereaksi terhadap pengobatan kuratif alias tak dapat disembuhkan secara medis. Tujuannya, agar meningkatkan kualitas hidup pasien dalam menghadapi setiap penyakit yang diderita.

"Tadinya kita mau melakukan kemoterapi, tetapi ditunda karena kondisinya sangat tidak memungkinkan. Hal ini sudah kami informasikan kepada orang tuanya," ujar Susi.

Resya sendiri dirawat oleh sang kakek yang menunggui di rumah sakit. Ibu dan bapak Resya sudah berpisah.

Susi menuturkan, pihak keluarga pasien sudah meminta pulang. Namun RSHS belum memutuskan kapan Resya dapat pulang.

"Meski biaya pengobatan dari JKN dan BPJS ditanggung, tetapi living costnya dan tentu harus mencari sendiri. Beberapa ada donatur yang membantu, kami dari para dokternya ikut membantu juga. (Living cost) itu yang membuat berat. Karena itu kita mohon bantuannya khususnya untuk pasien kanker anak," kata Susi.

Sementara itu, tetangga Resya, Ema mengatakan, pasien saat ini sudah keluar dari rumah sakit. Setelah mendapatkan penjelasan dokter, Resya kembali ke kampung halamannya di Tasikmalaya.

"Saat ini sedang dalam perjalanan menggunakan ambulans," kata Ema saat dihubungi Selasa (19/11/2019).

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niat Tolong Pemotor yang Kecelakaan, Pejalan Kaki Justru Dihantam Helm

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nasib sial menimpa seorang pejalan kaki yang hendak menolong pemotor yang mengalami kecelakaan. Bagaimana tidak, memiliki niat baik, pejalan kaki tersebut justru dihantam helm karena dituduh menjadi penyebab kecelakaan.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @roda2blog, terlihat sebuah motor yang tengah melaju harus terjatuh karena penumpang taksi yang tiba-tiba membuka pintu mobil.

Kesal, pemotor tersebut menyangka pejalan kaki yang hendak membantunya sebagai penumpang taksi.

Tanpa pikir panjang, pemotor tersebut langsung melepas helm yang digunakan dan melemparnya. Sial, helm tersebut tepat mengenai kepala pejalan kaki.

Setelah menyadari kesalahan yang dilakukan, pemotor tersebut berusaha beberapa kali meminta maaf karena telah melempar helm dan menjelaskan kesalahannya. Namun, pejalan kaki tersebut tetap merasa kesal dan mencoba membalas.

Komentar Warganet

"Hahahahahhaa kasian amat ya. Niat mau nolong malah di hantem," tulis @mluthfifzi

"Sepertinya pengendara itu marah ke pejalan kaki karena ngehalangin jalanya. Dia mau ambil nganan gak bisa krena ada org yg jalan ituu," tulis @otonusantara

"Apes.banget trnyata..berbuat baik tak selalu d respon dngan baik..," tulis @putr.aanugrah2014

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pesona Rheiny Octavia Pemeran ART di Sinetron TOP yang Curi Perhatian

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta sinetron Tukang Ojek Pengkolan (TOP) tentunya sudah tidak asing dengan perempuan cantik bernama Rheiny Octavia. Ya, Rheiny Octavia merupakan sosok yang memerankan Linda yang menjadi asisten rumah tangga (ART) di sinetron ini.

Dalam sinetron tersebut sosok Linda bekerja sebagai asisten rumah tangga Mbak Monica. Akting Rheiny Octavia dalam sinetron Tukang Ojek Pengkolan tersebut dinilai sangat memikat dan curi perhatian pecinta Sinetron Tanah Air.

Meskipun berperan sebagai asisten rumah tangga namun remaja cantik yang imut dan jago akting ini memang susah untuk menyembunyikan kecantikannya. Tak ayal Rheiny Octavia sudah mempunyai banyak penggemar.

Penasaran seperti apa sosoknya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 7 potret Rheiny Octavia pemeran ART di sinetron TOP yang curi perhatian, Selasa (19/11/2019).

1. Dalam sinetron Tukang Ojek Pengkolan, sosok Linda kerap mencuri perhatian publik.

Potret Rheiny Octavia Pemeran ART di Sinetron TOP yang Curi Perhatian (sumber:Instagram/rheinyoctavia)

2. Sosok yang bernama asli Rheiny Octavia ini berperan sebagai asisten rumah tangga wanita.

Potret Rheiny Octavia Pemeran ART di Sinetron TOP yang Curi Perhatian (sumber:Instagram/rheinyoctavia)

3. Berkat aktingnya yang bagus dalam sinteron tersebut Rheiny Octavia mulai punya banyak penggemar.

Potret Rheiny Octavia Pemeran ART di Sinetron TOP yang Curi Perhatian (sumber:Instagram/rheinyoctavia)

4. Padahal, Rheiny Octavia terhitung masih baru masuk dalam dunia hiburan Tanah Air, sekitar oktober 2019 lalu.

Potret Rheiny Octavia Pemeran ART di Sinetron TOP yang Curi Perhatian (sumber:Instagram/rheinyoctavia)

5. Di luar penampilannya sebagai ART saat di sinetron, sosok Rheiny Octavia merupakan perempuan yang cantik dan penuh pesona.

Potret Rheiny Octavia Pemeran ART di Sinetron TOP yang Curi Perhatian (sumber:Instagram/rheinyoctavia)

6. Perempuan yang lahir pada April 1996 ini baru saja lulus dari Bina Nusantara University (Binus) 2018 lalu.

Potret Rheiny Octavia Pemeran ART di Sinetron TOP yang Curi Perhatian (sumber:Instagram/rheinyoctavia)

7. Rheiny Octavia sudah menjalin hubungan dengan pria bernama Gesang Dwi Anggoro.

Potret Rheiny Octavia Pemeran ART di Sinetron TOP yang Curi Perhatian (sumber:Instagram/rheinyoctavia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nia Ramadhani Menangis Terharu Gara-Gara Anak Keduanya

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nia Ramadhani memiliki pengalaman manis sekaligus haru sebagai seorang ibu untuk ketiga anak-anaknya. Belum lama ini, Nia Ramadhani dibuat menangis gara-gara anak keduanya, Mainaka Zanatti Bakrie.

Nia Ramadhani menceritakan hal tersebut saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019). Dalam ceritanya, Nia Ramadhani mengatakan bahwa keharuan itu terjadi saat ia memberikan hadiah untuk Mainaka.

"Kemarin pas dia ulang tahun aku kasih hadiah, dia kayak nangis. Aku tanya, 'Kok nangis?' dia bilang, 'I love you, mama!'," kata Nia Ramadhani.

 

Ikutan Menangis

Foto Eksklusif Nia Ramadhani. (Fotografer: Bambang E. Ros/Fimela.com, Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Fimela.com/ Stylist: Wisnu Genu/Fimela.com, Assymetrical dress & stiletto: Valentino)

Mendengar kalimat yang keluar dari mulut putranya itu langsung membuat air mata Nia Ramadhani mengalir.

"Terus aku langsung nangis, ternyata anak sekecil itu sangat dibahagiain banget, terus juga dia sampai mengucapkan terima kasih. Jadi ikutan nangis, namanya juga Ibu," lanjut Nia Ramadhani.

 

Ekspresif

Nia Ramadhani (instagram/ramadhaniabakrie)

Nia Ramadhani mengatakan bahwa anaknya yang kedua ini memang lebih ekspresif dari anak-anaknya yang lain. Tak jarang, ia juga mendapatkan perhatian dan kepedulian dari putranya itu.

 

Perhatian

"Kalau yang kedua ini sangatlah ekspresif, apa yang dia rasain, diomongin. Dia tuh sangat lah talk active, jadi dikasih tahu. Kayak, 'Mama diem aja di sini'. Kalau misalkan udah agak gelap, 'Mama takut nggak? Naka jagain dulu, soalnya kan Naka boy, anak mama yang Laki-laki', kaya gitu-gitu deh," ungkap Nia Ramadhani.

 

Berbeda-beda

Jelas saja sebagai orang tua, ia sangat bangga dengan putranya itu. Kendati demikian, ia paham betul bahwa setiap anak-anaknya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

"Emang tiap anak beda-beda, aku juga suka belajar tentang psikologi, kan tiap anak beda-beda, kita harus terima setiap dari anak-anak," tutup Nia Ramadhani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembang Ini Tawarkan Biaya KPR Gratis Buat Milenial, Minat?

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019 yang setiap tahun digelar menjadi lahan penawaran produk-produk terbaru dari para pengembang properti di Indonesia, khususnya di Jabodetabek.

Tidak hanya produk unggul yang ditonjolkan, inovasi-inovasi dalam cara bayar dan promo-promo menarik pun juga ditawarkan dalam menarik minat para pencari rumah.

Salah satu pengembang yang menarik perhatian adalah Harvest City, perumahan dengan konsep kota mandiri hasil dari sinergi tiga pengembang besar, yaitu Grup Suryamas Dutamakmur, Grup Duta Putra Mahkota, dan Kalindoland.

Tak tanggung-tanggung, pengembang tersebut menawarkan sensasi penjualan hunian Serba Free, Free untuk uang muka, biaya BPHTP, dan biaya KPR kepada konsumen yang membeli produk propertinya.

"Tidak hanya itu, ada diskon 50 persen untuk booking fee yang mulai dari Rp 5 juta," tutur Piter Simpony, Deputy Chief Executive Officer (CEO) Harvest City di arena IPEX 2019, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

 

Bidik Pasar Milenial

Maket perumahan yang ditawarkan pada Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Sabtu (2/2). Kegiatan yang digelar 2-10 Februari itu menargetkan penyaluran kredit baru senilai Rp 6 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Program Serba Free yang ditawarkan ini dipasarkan selama ajang IPEX 2019 yang berlangsung 16 - 24 November 2019. Dalam IPEX 2019 ini, Harvest City memasarkan berbagai produk hunian dan komersial yang sedang dikembangkan perseroan ini. Untuk hunian, Harvest City lebih banyak membidik pasar segmen milenial.

"Kami melihat pasar dari kalangan muda itu sangat besar, jadi kami menawarkan produk yang cocok untuk mereka dari sisi harga maupun produknya," ujar piter.

Piter optimis, program Serba Free banyak diganderungi keluarga muda karena sesuai dengan pendapatannya. Dan hal ini terbukti dari hari pertama hingga hari ketiga ini, pengunjung ke stand pameran Harvest City didominasi keluarga muda di usai milenial.

Program ini sangat membantu kaum milenia yang ingin memiliki Rumah tetapi tidak mau lifestyle mereka terganggu. "Kami bahkan bisa menyediakan pembiayaan KPR dengan besaran cicilan hanya Rp 2 jutaan. Bagi pasangan muda atau kaum milenia jelas ini sangat terjangkau, dan tidak menganggu lifestyle para kaum milenia," kata Piter.

IPEX 2019 Tawarkan Rumah Mulai Harga Rp 100 Jutaan

Seorang pria melintasi iklan penawaran rumah dalam Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 di JCC, Sabtu (2/2). Ada 167 pengembang terlibat dalam IPEX ini yang terdiri dari 116 pengembang KPR non subsidi dan 51 pengembang subsidi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN kembali menggelar Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 untuk menggairahkan pasar properti sejalan dengan momentum pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Acara ini diselenggarakan 16-24 November 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta.

Hadirnya ajang pameran perumahan di penghujung 2019 tersebut juga diharapkan dapat mengerek naik dominasi pangsa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) perseroan.

Plt Direktur Utama Bank BTN Oni Febriarto mengatakan sebagai pemimpin di pasar KPR, perhelatan IPEX menjadi upaya perseroan untuk ikut menggairahkan pasar properti. Opsi strategis tersebut, tambah dia, juga digelar sejalan dengan upaya bank sentral mendorong sektor properti melalui relaksasi aturan Loan to Value (LTV).

Apalagi, ujar Oni, sektor properti memiliki dampak berlipat yang positif bagi industri lainnya.

"IPEX kali ini menjadi upaya kami ikut menggairahkan pasar properti di tengah momentum stabilitas ekonomi saat ini," jelas Oni pada pembukaan IPEX 2019 di Jakarta, Sabtu (16/11/2019).

Melalui pameran ini, Oni berharap masyarakat Indonesia akan kian mudah memeroleh hunian. Hal tersebut juga sejalan dengan komitmen Bank BTN dalam mendukung Program Satu Juta Rumah.

"Backlog perumahan masih menjadi PR [pekerjaan rumah] bagi kami sebagai agen Kementerian PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] di bidang pembiayaan perumahan. Ajang IPEX ini menjadi langkah kami menyediakan berbagai pilihan hunian bagi masyarakat," kata Oni.

Dalam ajang IPEX ke-19 ini, Bank BTN menggandeng 106 pengembang. Rinciannya, sebanyak 71 di antaranya merupakan pengembang Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Non-Subsidi dan 35 sisanya merupakan pengembang KPR Subsidi. Secara total, Bank BTN menghadirkan sekitar 650 proyek perumahan yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Bank BTN juga menawarkan berbagai tipe hunian dalam pameran tersebut. Pameran yang digelar dalam rangka ulang tahun KPR ke-43 tersebut menjajakan hunian dengan kisaran harga dari Rp140 juta sampai lebih dari Rp1 miliar.

Perseroan menghadirkan mulai dari rumah tapak, hingga rumah vertikal yang mengikuti tren eco living. Selain lokasi yang menyebar, Bank BTN juga menyediakan hunian di lokasi strategis seperti di Kawasan berbasis Transit Oriented Development (TOD).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masalah Defisit BPJS Kesehatan Juga Tanggung Jawab Kementerian/Lembaga Lain

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan defisit BPJS Kesehatan tidak hanya ditangani oleh BPJS Kesehatan saja, melainkan kementerian/lembaga lain juga ikut bertanggungjawab. Pernyataan itu disampaikan Koordinator BPJS Watch Timboel Situmorang.

"Seluruh stakeholder yang berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) lainnya, seperti pemda, rumah sakit, kementerian/lembaga yang melakukan pelayanan publik ikut berkontribusi mengatasi masalah defisit BPJS Kesehatan," jelas Timboel kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat, ditulis Selasa (19/11/2019).

Dukungan dari kementerian/lembaga dapat membantu BPJS Kesehatan menangani defisit. Dalam hal ini, BPJS Kesehatan tidak bisa bekerja sendiri. Butuh kerja sama yang kuat dari kementerian/lembaga lain.

"Kontribusi dari Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan juga perlu. Kemensos yang melakukan penentuan siapa saja peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN. Kemudian Kemenkes yang melakukan pengawasan kepada rumah sakit terkait pelayanan JKN-nya," lanjutnya.

Oleh karena itu, keberhasilan mengatasi defisit BPJS Kesehatan menjadi tanggung jawab banyak pihak.

Evaluasi Pelaksanaan JKN

Presiden Joko Widodo setibanya di Provinsi Lampung adalah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Dr. H. Abdul Moeloek yang terletak di Kota Bandar Lampung pada Jumat, 15 November 2019. (Dok Sekretariat Negara RI)

Selain menyoal defisit BPJS Kesehatan yang membutuhkan kerja sama dari kementerian/lembaga lain, Timboel mengatakan, evaluasi terkait pelaksanaan JKN juga penting.

"Saya berharap Pak Presiden Jokowi bisa memberikan evaluasi kepada seluruh para pembantunya yang terkait pelaksanaan JKN," Timboel menuturkan.

"Khusus untuk direksi BPJS kesehatan harus dilakukan evaluasi khusus sehingga direksi BPJS Kesehatan punya target-target apa saja yang harus dicapai. Misalnya, tentang Universal Health Coverage (UHC) Kepesertaan yang pada akhir Oktober 2019, kepesertaan hanya 222 jutaan orang. Sementara itu, target pemerintah untuk UHC pada 31 Desember 2019 sebanyak 254 juta atau 95 persen dari jumlah penduduk Indonesia."

Timboel turut mengapresiasi sidak JKN yang dilakukan Jokowi di sela-sela kunjungan ke daerah. Seperti halnya sidak Jokowi ke RSUD Dr. H. Abdul Moeloek yang terletak di Kota Bandar Lampung pada Jumat, 15 November 2019.

"Teruslah lakukan sidak JKN, Pak Presiden. Tentunya, untuk mengetahui fakta lapangan secara riil sehingga bisa diambil keputusan apa saja demi memperbaiki program JKN dan masyarakat lebih terlayani oleh JKN," tutup Timboel.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Haaland Kunjungi Fasilitas Latihan MU, Real Madrid Gigit Jari?

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Manchester United (MU) dan Real Madrid terlbat persaingan dalam perburuan striker RB Salzburg, Erling Haaland. Real Madrid sendiri tengah gencar memburu pemain-pemian muda.

Namun, Diario AS menyebut sementara Real Madrid memiliki minat besar Erling Haaland , MU justru menjadi tim favorit yang bisa mendapatkan tanda tangannya.

Apalagi, seperti yang diungkapkan seorang jurnalis terkemuka David Ornstein, Senin kemarin. Ia mengklaim ayah Erling Haaland, Alf-Inge Haaland, telah mengunjungi fasilitas latihan MU di Carrington.

Alf-Inge Haaland sendiri pernah bermain untuk beberapa klub di Inggris. Hal inilah yang memicu kabar adanya rencana transfer MU tahun depan.

Laporan lain mengklaim bahwa pendekatan Real Madrid untuk Erling Haaland sempat terhambat. Ini karena soal harga penawaran pemain asal Norwegia itu, yang kabarnya mencapai 100 juta euro.

Pernah Dilatih Solskjaer

Penyerang Red Bull Salzburg, Erling Haaland melakukan pemanasan selama sesi latihan tim di stadion Anfield, Inggris (1/10/2019). Remaja 19 tahun asal Norwegia ini tampil sensasional mencetak hattrick di matchday pertama grup E Liga Champions melawan  Genk. (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Penampilan Haaland memang luar biasa musim ini, setelah mencetak 26 gol dalam 18 pertandingan resmi musim ini - termasuk hat-trick melawan Genk di Liga Champions, ketika ia bermain hanya selama 70 menit.

Haaland telah mencetak enam hat-trick sejak Mei dan dia telah mencetak 35 gol dalam 21 penampilan kompetitifnya untuk klub dan negara.

Pemain berusia 19 tahun ini, pernah juga mendapat latihan dari Ole Gunnar Solskjaer di Molde. Dan, Diario AS juga menyatakan bahwa jika manajer MU itu masih berada di Old Trafford musim panas mendatang, Haaland akan menjadi target utama bagi United.

Pemain Muda

Sementara itu, agen Italia Mino Raiola disebut-sebut akan memiliki peran penting untuk masa depan pemain. Ia akan menjadi kelanjutan dari strategi penandatanganan Madrid baru-baru ini.

Madrid akan mengontrak pemain muda mengikuti jejak Rodrygo Goes, Vinicius Junior, Martin Odegaard, Takefusa Kubo dan banyak lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nyaris Dipermalukan Uruguay, Messi Selamatkan Argentina

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Laga persahabatan Argentina dan Uruguay berlangsung imbang. Skor 2-2 terus bertahan hingga akhir pertandingan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Rilis iOS 13.2.3 dengan Perbaikan pada Sejumlah Bugs

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja merilis iOS 13.2.3. Pembaruan kali ini memuat peningkatan dan perbaikan pada sejumlah bugs (masalah) yang ditemukan di iOS versi sebelumnya.

Pembaruan iOS 13.2.3 antara lain mencakup hal-hal berikut ini:

  • Memperbaiki masalah di mana pencarian sistem dan pencarian di aplikasi Mail, File, dan Notes mungkin tidak berfungsi
  • Mengatasi masalah di mana foto, tautan, dan lampiran lainnya mungkin tidak ditampilkan dalam tampilan rincian Message
  • Memperbaiki masalah yang dapat mencegah aplikasi mengunduh konten di latar belakang
  • Menyelesaikan masalah yang dapat mencegah Mail menarik pesan baru dan gagal memasukkan dan mengutip konten pesan asli di akun Exchange

Apple juga saat ini sedang menguji versi beta dari OS 13.3. 

Pengujian versi beta dari OS 13.3

Tampilan dark mode di iOS 13 (sumber: Apple)

Versi iOS tersebut diprediksi mencakup beberapa perbaikan minor seperti dukungan lebih baik untuk kunci keamanan yang yang menggunakan USB, Lightning, atau NFC.

Selain itu, pembaruan iOS 13.2.3 hari ini juga akan menyertakan pembaruan keamanan untuk iOS dan iPadOS yang dapat diunduh dari menu setelan.

iOS 13.2 Boyong 398 Emoji Baru

Sejumlah fitur pada iOS 13 (Foto: CNET)

Diwartakan sebelumnya, Apple telah merilis sistem operasi terbaru untuk perangkatnya, yaitu iOS 13.2.

Dalam pembaruan terkini itu, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut memperkenalkan serangkaian fitur yang dapat memanjakan pengguna. Salah satunya adalah emoji-emoji baru sebanyak 398. 

Dilansir dari Complex, emoji-emoji baru ini terbagi atas dua versi, yaitu 230 emoji berasal dari Emoji 12.0 dan 168 lainnnya dari Emoji 12.1

Menggambarkan keberagaman

Ragam emoji yang diperkenalkan oleh Apple melalui pembaruan ini berfokus pada keberagaman. Tidak hanya keberagaman mengenai warna kulit, tetapi juga hubungan dan gender.

Dalam emoji ini gender yang diperkenalkan tidak hanya laki-laki dan perempuan, tetapi juga ada satu tambahan yang disebut gender netral.

Selain itu, pengguna akan dapat memilih warna kulit dan gender untuk emoji yang terdapat banyak karakter di dalamnya.

Emoji Lucu dan Menarik

Tidak terbatas pada keberagaman, Apple juga memperkenalkan emoji-emoji lucu dan menarik.

Mulai dari hewan seperti anjing pemandu, kungkang, berang-berang, dan orang utan, hingga ragam makanan seperti kue wafel, falafel, dan bawang.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Rugby Sebut Karhutla di Australia 'Karma' dari Legalisasi Pernikahan Gay

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Canberra - Seorang pemain rugby Australia, Israel Folau mengungkapkan kemarahannya dengan mengaitkan kebakaran hutan yang kini terjadi di sana sebagai karma atau hukuman dari Tuhan atas legalnya pernikahan sesama jenis dan aborsi.

Folau telah dikeluarkan dari tim rugbynya pada Mei lalu karena telah membuat gerakan anti-gay di sosial media. Demikian dilansir dari BBC, Senin (18/11/2019).

Folau, yang beragama Kristen, memberikan khotbah di gerejanya di Sydney pada hari Minggu di mana ia mengatakan keputusan Australia untuk melegalisasi aborsi dan hukum perkawinan sesama jenis telah bertentangan dengan "firman Tuhan", dan menambahkan bahwa bangsa ini perlu "bertobat".

"Lihat seberapa cepat, kebakaran hutan ini, kekeringan ini, semua hal ini telah datang, dalam waktu singkat. Anda pikir itu kebetulan atau tidak ?," katanya.

Komentarnya memicu kemarahan banyak orang Australia melalui jejaring media sosial.

Perdana Menteri Scott Morrison mengutuk perkataan Folau dan menganggapnya 'sangat tidak sensitif'.

"Ia merupakan warga negara yang bebas, ia bisa berbicara apapun yang ia suka namun itu tidak berarti bahwa dia tidak memperhatikan keluhan (dan) pelanggaran ini akan menyebabkan sakit hati bagi mereka yang rumahnya terbakar, "kata Morrison kepada wartawan, Senin (18/11).

Dia juga dikritik oleh tokoh-tokoh lokal terkemuka yang sebelumnya mendukungnya.

"Komentar ini tidak membantu," kata penyiar Alan Jones di acara radionya, Senin.

Dipecat dari Tim

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan di Australia selama musim kemarau, lazim dikenal sebagai fenomena Bushfire (Rob Griffith / AFP PHOTO)

Rugby Australia (RA) memecat mantan pemain Wallabies pada Mei setelah ia mengatakan di media sosial bahwa "neraka menunggu" orang gay.

Bek sayap berusia 30 tahun itu telah banyak dikutuk atas komentar itu, tetapi ia juga telah menerima dukungan vokal dari kelompok-kelompok Kristen.

Folau menuntut RA atas pemecatannya, mengklaim kontraknya diputus secara tidak sah karena keyakinan agamanya.

Rugby Australia tetap dengan keputusannya untuk memecat Folau, dengan mengatakan dia melanggar kode etik pemain. Walaupun ia sebelumnya adalah salah satu atlet dengan bayaran tertinggi di negara tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Penduduk Akurat Tentukan Optimalisasi Kebijakan Pemerintah

Posted: 18 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Data kependudukan menjadi hal paling fundamental bagi seluruh instansi pemerintahan dalam menentukan arah kebijakan. Jika data kependudukan yang dimiliki akurat, maka pelaksanaan kebijakan pemerintah pun akan optimal. Pun demikian sebaliknya.

Oleh karena itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat terus mematangkan persiapan dan mendalami skema sensus penduduk 2020. Tujuannya supaya data kependudukan terkait jumlah, profil, dan kondisi penduduk di satu wilayah terekam jelas dan tepat.

"Pemerintah hadir untuk melayani dan bertanggungjawab menyejahterakan penduduk. Bagaimana punya program-program kesejahteraan kalau penduduknya tidak kita ketahui. Tentunya, dengan berbagai karakteristik," kata Kepala BPS Jabar Dody Herlando, Jumat (15/11/19).

"Kepentingan utama statistik (data kependudukan) adalah untuk perencanaan pembangunan. Karena pembangunan akan dimulai dari informasi-informasi yang berkaitan dengan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), keberadaan SDM, dan tantangannya," imbuhnya.

Ada dua urgensi lain dari sensus penduduk, yakni realisasi amanat Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang tertera dalam World Population and Housing Programme, dan mengukur tingkat literasi teknologi masyarakat.

Terkait amanat PBB, kata Dody, setiap negara harus memperbarui data kependudukan secara berkala. Salah satu faktor penyebabnya adalah adanya interaksi penduduk antar negara. Selain Indonesia, ada 53 negara lain, termasuk Cina dan Jepang, menggelar sensus penduduk pada 2020.

"Penduduk ini harus diatur sesuai daripada rekomendasi PBB. Dan amanat PBB ini mengayomi seluruh negara. Bahwa interaksi penduduk antar negara ini kan terjadi, entah di sektor perdagangan, investasi dan yang lain," ucapnya.

Dody menegaskan, sensus penduduk 2020 yang dilakukan BPS merupakan pengumpulan data kependudukan secara de facto atau tempat tinggal selama satu tahun.

Ambil contoh, warga dengan e-KTP Indramayu menetap atau berencana tinggal di Kota Bekasi selama lebih dari satu tahun. Maka, secara de facto warga Indramayu tersebut adalah warga Kota Bekasi karena menggunakan sumber daya di tempat dia tinggal, termasuk Warga Negara Asing (WNA).

"Konsep de facto itu yang biasa tinggal satu tahun lebih. Nah kalau kurang ada permakluman. Boleh tidak satu tahun, tapi berniat menetap lebih dari satu tahun. Kalau dia bilang sementara, tapi tinggal setahun lebih sehari, itu de facto bahwa dia warga setempat," katanya.

Maka itu, Dody berharap kesadaran masyarakat akan identitas dirinya terus meningkat. Salah satunya dengan memperbarui identitas. Selain tempat tinggal, masyarakat perlu memerhatikan status lainnya, seperti pernikahan, pekerjaan, dan pendidikan terakhir.

"Dengan sadar identitas diri, masyarakat akan banyak diuntungkan dalam urusan administrasi, hukum, bahkan program pemerintah akan menyasar langsung kebutuhan masyarakat. Semua program pemerintah nanti berbasis NIK," ucapnya.

Dalam sensus penduduk 2020, BPS akan menggunakan metode kombinasi, yakni mengumpulkan data registrasi yang relevan dengan sensus, yang kemudian dilengkapi dengan sampel survei.

Tahap registrasi data atau sensus penduduk online (SPO) akan dilangsungkan pada Februari-Maret 2020. Dalam tahap ini, partisipasi masyarakat amat diperlukan. Masyarakat dapat memasukkan data dan memperbarui sensus dengan masuk ke web yang telah ditentukan.

"Mari melaporkan identitas dirinya yang ditanyakan petugas BPS. Buang jauh-jauh kekhawatiran terkait sensus penduduk karena data kependudukan akan berdampak pada masyarakat luas," kata Dody.

Setelah itu, masuk ke tahap sensus penduduk wawancara (SP wawancara) yang akan dilangsungkan pada Juli 2020. Pada SP2020 ini, kata Dody, dilakukan dengan berbagai metode. Pertama adalah CAWI (Computer Assisted Web Interviewing) atau wawancara via web (Sensus Penduduk Online)

Kedua adalah CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) atau wawancara via gawai. Yang terakhir yakni PAPI (Pencil and Paper Interviewing). CAPI dan PAPI akan digunakan pada saat SP wawancara. Di Jawa Barat, pada saat Sensus Penduduk, wawancara hanya akan menggunakan CAPI.

"Data kependudukan harus akurat. Jika akurat, maka program pembangunan pemerintah akan semakin efektif," ucapnya. "Juga program pemberdayaan harus menyasar apa yang menjadi problematika penduduk setempat," kata Dody menutup.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru 2 Bulan Kerja, Kapolres Kampar Mendadak Dicopot

Posted: 18 Nov 2019 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Kampar AKBP Asep Darmawan mendadak dicopot dari jabatannya. Padahal, dia baru menempati posisi tersebut pada September 2019 alias baru dua bulan.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal membenarkan mutasi Kapolres Kampar. "Benar dicopot," tutur Iqbal di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Namun, Iqbal enggan menjelaskan saat disinggung alasan pencopotan Kapolres Kampar tersebut.

Pasalnya, ada isu beredar, Kapolres Kampar dimutasi lantaran mengobrol saat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memberikan amanat dalam apel Kasatwil.

 

Dasar Pencopotan

Pencopotan jabatan tersebut tertuang dalam surat telegram nomor ST/3094/XI/KEP./2019 tertanggal Senin, 18 November 2019.

Posisi Kapolres Kampar kini ditempati oleh AKBP Mohammad Kholid yang sebelumnya menjabat sebagai Direskrimum Polda Riau.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 3 Orang Tewas dalam Penembakan di Oklahoma

Posted: 18 Nov 2019 08:57 PM PST

Polisi berjaga setelah penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Pelaku menembak dua orang dalam mobil sebelumnya akhirnya menembak dirinya sendiri. (AP Photo/Sean Murphy)

Polisi berjaga setelah penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Pelaku menembak dua orang dalam mobil sebelumnya akhirnya menembak dirinya sendiri. (AP Photo/Sean Murphy)

Polisi berjaga setelah penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Pihak berwenang belum mengungkapkan motif penembakan tersebut. (AP Photo/Sean Murphy)

Polisi berjaga setelah penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Pihak berwenang belum mengungkapkan motif penembakan tersebut. (AP Photo/Sean Murphy)

Lubang peluru terlihat pada kaca depan mobil setelah penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Menurut Kepala Polisi Duncan Danny Ford seorang pria diduga menembak korban pria dan wanita sebelum menembak diri sendiri. (J Pat Carter/Getty Images/AFP)

Lubang peluru terlihat pada kaca depan mobil setelah penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Menurut Kepala Polisi Duncan Danny Ford seorang pria diduga menembak korban pria dan wanita sebelum menembak diri sendiri. (J Pat Carter/Getty Images/AFP)

Barang bukti pistol yang tergeletak di tanah dalam kasus penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Menurut Kepala Polisi Duncan Danny Ford pelaku dan korban saling kenal. (J Pat Carter/Getty Images/AFP)

Barang bukti pistol yang tergeletak di tanah dalam kasus penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Menurut Kepala Polisi Duncan Danny Ford pelaku dan korban saling kenal. (J Pat Carter/Getty Images/AFP)

Keluarga menyaksikan polisi melakukan penyelidikan setelah penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Belum diketahui motif pelaku penembakan. (J Pat Carter/Getty Images/AFP)

Keluarga menyaksikan polisi melakukan penyelidikan setelah penembakan di tempat parkir Walmart, Duncan, Oklahoma, Amerika Serikat, Senin (18/11/2019 ). Belum diketahui motif pelaku penembakan. (J Pat Carter/Getty Images/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Gedung Roboh, Kemendag Curiga Material Tak Sesuai SNI

Posted: 18 Nov 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) ikut ambil bagian memeriksa insiden musibah gedung roboh yang sering terjadi belakangan ini. Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) pun mulai memeriksa kualitas material yang digunakan.

Dirjen PKTN Kemendag, Veri Anggriono, curiga bahwa material yang dipakai tersebut tidak sesuai SNI. Ia pun geram karena pada akhirnya barang-barang itu menbahayakan konsumen.

"Kasihan, bapak-ibu sekalian, konsumen-konsumen kita khususnya baja kita lihat banyak yang roboh-roboh, gedung sekolah, rumah jabatan bupati. Nah, ini diduga mempergunakan barang-barang yang tak sesuai standar," ujar Veri dalam sosialisasi portal SIMPTKN untuk permohonan Nomor Produksi Barang (NPB) secara online di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Rumah bupati yang dimaksud adalah milik rumah Bupati Mamuju yang ambruk pada pekan lalu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Veri pun sudah memerintahkan Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa serta Direktorat Tertib Niaga untuk mengecek. Pemeriksaan juga akan dilakukan pada Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) yang memberikan sertifikasi produk SNI bagi barang material tersebut.

Veri curiga ada kecurangan dalam penerbitan Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI (SPPT-SNI). Oknum LSPro diduga berkomplot dengan pelaku usaha agar SPPT-SNI terbit meski tak layak.

"LSpro-LSpro yang melakukan pendaftaran SPPT-SNI diketahui ada main mata dengan pelaku-pelaku usaha, sehingga konsistensi kepemilikan SPPT-SNI dalam memenuhi standar nasional barang itu diragukan," ucap Veri yang menyebut tak ragu memberi sanksi pada LSPro yang berbuat demikian.

"Kita lagi tunggu hasilnya. Mudah-mudahan sesuai standar, karena angin saja (robohnya). Tapi kalau tidak sesuai standar, tunggu hasilnya, nanti direktur pengawasan melakukan penindakan," ucap Veri.

Berdasarkan pengawasan Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa, selama tahun 2019 ada 23 persen produk yang tak sesuai SNI. Di antara barang tersebut ada baja tulangan beton (sekitar 62 ribu pcs) dan baja lapis seng gelombang (sekitar 6.000 pcs). Produk-produk itu telah diamankan.

 

3 Ruang Kelas SD Negeri di Kabupaten Tangerang Ambruk

Siswa melihat bangunan sekolah yang ambruk di SDN Malangnengah II di Kampung Jaha, Desa Malang Negah, Kec. Pangedagang, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (13/11/2019). Tiga ruang kelas di SD itu roboh akibat kontur tanah di lingkungan sekolah yang ambles karena hujan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, sebanyak tiga ruang kelas Sekolah Dasar Negeri Malangnengah II, di Jalan Raya Parungpanjang, Desa Malangnengah, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, ambruk. Diduga, bangunan SD roboh karena tidak kuat menahan derasnya hujan.

Peristiwa ambruknya bangunan sekolah itu tersebut terjadi pada Senin, 11 November 2019 pada petang hari atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Kepala SDN Malangnengah II Saiful Bahri mengungkapkan, dia mendapat laporan dari penjaga sekolah, ruang kelas yang sebelumnya digunakan untuk kelas 3, 4, dan 5 itu roboh.

"Saya dapat kabar kejadian persisnya itu sekitar pukul 18.00 WIB. Pas mau azan Magrib persis," kata Saiful, Selasa (12/11/2019).

Ada beberapa video yang beredar detik-detik sebelum bangunan sekolah tersebut roboh. Tidak ada orang satu pun yang berada di dalam ataupun di sekitar bangunan saat peristiwa tersebut.

Sekolah Dibagi 2 Shif

Kertas berisi pemberitahuan terpasang di salah satu jendela bangunan sekolah yang ambruk di SDN Malangnengah II, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (13/11/2019). Tiga ruang kelas di SD itu roboh akibat kontur tanah di lingkungan sekolah yang ambles karena hujan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Saiful menduga, ambruknya bangunan satu lantai itu akibat faktor alam. Karena sebelumnya, sudah memperlihatkan tanda-tanda kerusakan.

"Mungkin karena pergerakan tanah, atau hujan dan angin kencang beberapa waktu lalu," dugaannya.

Saat ini, demi menunjang aktifitas belajar mengajar siswa, puluhan siswa di kelas 3, 4 dan 5 itu dibagi ke dalam dua shift.

"Sekarang kami bagi dua shift pagi dan siang. Kelas 1,2, dan 6 belajar pagi. Untuk kelas 3, 4 dan 5 itu siang," ujar Saiful.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus PAN Chandra Tirta Wijaya Dipanggil KPK Terkait Kasus Garuda

Posted: 18 Nov 2019 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan mantan anggota DPR Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Chandra Tirta Wijaya terkait kasus dugaan korupsi ‎pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia. Chandra akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Soetikno Soedarjo (SS).

"Yang bersangkutan akan diperiksa untuk tersangka SS," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (19/11/2019).

Selain Chandra, KPK juga memanggil dua saksi lainnya, yakni Direktur Utama PT Indonesia Advisory Duta Solusindo Andri Budhi Setyawan serta pihak swasta Remmy Ridarty Sumangkut. Keduanya juga akan diperiksa untuk penyidikan Soetikno Soedarjo.

KPK sebelumnya menetapkan dua tersangka terkait kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia.

Mereka adalah Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo yang merupakan Presiden Komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA). Emirsyah Satar dalam kasus ini diduga menerima suap Euro 1,2 juta dan USD 180 ribu atau senilai total Rp 20 miliar.

Dalam perjalanannya, KPK menjerat keduanya tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU).

KPK menduga uang suap yang diberikan Seotikno kepada Emirsyah dan mantan Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada PT Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno tidak hanya berasal dari perusahaan Rolls-Royce, tetapi juga berasal dari pihak pabrikan lain yang mendapatkan proyek di PT Garuda Indonesia.

Untuk program peremajaan pesawat, Emirsyah melakukan beberapa kontrak pembelian dengan empat pabrikan pesawat pada 2008 hingga 2013 dengan nilai miliaran USD. Yakni kontrak pembelian mesin Trent seri 700 dan perawatan mesin (Total Care Program) dengan perusahaan Rolls Royce, kemudian kontrak pembelian pesawat Airbus A330 dan Airbus A320 dengan perusahaan Airbus S.A.S.

Kontrak pembelian pesawat ATR 72-600 dengan perusahaan Avions de Transport Regional (ATR), dan kontrak pembelian pesawat Bombardier CRJ 1000 dengan perusahaan Bombardier Aerospace Commercial Aircraft.

Selaku konsultan bisnis dari Rolls-Royce, Airbus dan ATR, Seotikno diduga telah menerima komisi dari tiga pabrikan tersebut. Soetikno juga diduga menerima komisi dari perusahaan Hong Kong bernama Hollingsworth Management Limited International Ltd (HMI) yang menjadi Sales Representative dari Bombardier.

Uang untuk Emirsyah

Pembayaran komisi diduga terkait dengan keberhasilan Seotikno dalam membantu tercapainya kontrak antara PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan empat pabrikan tersebut.

Menerima uang dari empat pabrikan itu, Soetikno kemudian memberikan sebagian dari komisi tersebut kepada Emirsyah dan Hadinoto. Pemberian sebagai hadiah atas dimenangkannya kontrak oleh empat pabrikan.

Pemberian yang diterima Emirsyah Satar dan Hadinoto oleh Soetikno, yakni Rp 5.79 miliar kepada Emirsyah untuk pembayaran rumah di Pondok Indah, USD 680 ribu dan EUR 1,02 juta yang dikirim ke rekening perusahaan milik Emirsyah di Singapura, dan SGD 1,2 juta untuk pelunasan apartemen milik Emirsyah di Singapura.

Sedangkan untuk Hadinoto, Soetikno memberi USD 2,3 juta dan EUR 477 ribu yang dikirim ke rekening Hadinoto di Singapura. Menerima suap dari Soetikno, Hadinoto pun dijerat sebagai tersangka suap oleh KPK.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Menghilangkan Permen Karet di Rambut, Tak Perlu Dipotong

Posted: 18 Nov 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengunyah permen karet memiliki banyak manfaat. Tapi terkadang teksturnya yang lengket bisa menempel di mana saja termasuk di rambut. Permen karet yang menempel di rambut menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang. Masalah ini kerap terjadi pada anak-anak yang sering bermain dengan permen karet.

Permen karet dibuat dari karet sintetis dan resin untuk menciptakan tekstur yang kenyal dan lengket. Selain itu, banyak permen karet bersifat tidak larut dalam air. Ini yang membuat permen karet sulit dibersihkan saat menempel di rambut. Akibatnya banyak orang yang memilih menggunting rambutnya untuk menghilangkan sisa permen karet.

Jika rambutmu terkena permen karet, segera isolasi daerah yang terkena dengan menbungkusnya agar permen tidak merekatkan banyak rambut. Alih-alih mengguntingnya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan tertentu untuk memisahkan rambut dari permen karet.

Berikut cara menghilangkan permen karet dari rambut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(19/11/2019).

Minyak goreng

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Africa Studio

Minyak goreng bersifat hidrofobik. Misalnya, jika kamu menggabungkan minyak dan air dalam botol, mereka dengan mudah terpisah. Zat dalam minyak goreng memecah lengket permen karet tanpa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa, zaitun, atau canola untuk masalah permen karet di rambut. Oleskan minyak ke daerah yang terkena permen karet dan gosok dengan lembut. Gunakan jari atau sisir untuk mengeluarkan permen karet dari rambut. Setelah permen karet benar-benar dihilangkan, bersihkan rambut dari minyak.

Balok es

Ilustrasi es batu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Jika menggunakan minyak terasa terlalu berantakan, kamu bisa membekukan permen karet dengan es batu. Membekukan permen karet dapat mengurangi lengketnya, memungkinkan kamu dengan mudah mengeluarkannya dari rambut.

Ambil sepotong es dan gosokkan pada permen karet, oleskan berulang-ulang di seluruh area permen karet. Lakukan sekitar 10 hingga 15 menit hingga permen karet mengeras. Es akan mengeraskan permen karet dan kamu akan bisa mengurainya dari rambut.

Cuka

Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.

Cuka bisa menjadi pelarut yang memecah ikatan antara rambut dan permen karet. Untuk menghilangkan permen karet, rendam area yang terkena dengan cuka. Kamu bisa mencelupkan rambut ke dalam secangkir cuka atau mengompresnya dengan kain. Semakin lama rambut direndam, semakin mudah untuk menghilangkan permen karet yang menempel.

Metode ini dapat memakan waktu tergantung pada seberapa banyak permen karet yang menempel di rambut. Saat permen karet mulai melembut, sisiri rambut dengan sisir bergigi lebar. Bilas dan keramas setelah permen karet berhasil hilang. Selain cuka kamu juga bisa menggunakan air lemon yang sama-sama bersifat asam untuk mengangkat permen karet dari rambut.

Menggunakan kondisoner

Ilustrasi memakai kondisioner. (via: istimewa)

Kondisoner bisa menjadi pertolongan pertama saat rambut terkena permen karet. Aplikasikan kondisoner ke area yang terkena permen karet menggunakan jari. Kondisoner akan membuat permukaaan antara rambut dan permen karet menjadi lebih licin. Ini membuat permen karet lebih mudah untuk diangkat.

Lanjutkan menyisir dari atas ke bawah dengan sapuan panjang. Sisir rambut dengan lembut atau tarik dengan jari untuk meluruhkan permen karet. Bersihkan sisir secara teratur untuk menghilangkan residu permen karet yang mungkin menempel. Setelah permen karet berhasil terangkat, cukup bilas rambut dengan air hangat lalu keringkan.

Selai kacang

Selai Kacang (iStockphoto)​

Selai kacang dan permen karet bersifat hidrofobik, ini membuat keduanya lebih mudah untuk saling menempel dan akhirnya lepas dari rambut. Menggunakan selai kacang pada permen karet dapat mengurangi sifat lengket permen karet, membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan dari rambut.

Untuk menghilangkan permen karet dengan selai kacang, tutupi bagian rambut yang terkena sepenuhnya dengan selai kacang yang lembut. Cobalah untuk sepenuhnya melapisi rambut yang terkena. Tunggu beberapa menit hingga permen karet menjadi lebih kaku dan mudah dilepas. Sisiri rambut untuk memisahkan permen karet. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi lembut untuk melepaskannya. Setelah permen karet dihilangkan, bersihkan rambut dengan sampo untuk menghilangkan sisa selai kacang.

Petroleum jelly

Petroleum jelly

Petroleum jelly merupakan pelumas serbaguna. Petroleum jelly bisa menghilangkan banyak zat keras dan lengket seperti permen karet. Ini adalah solusi yang murah dan lembut untuk digunakan.

Ambil segumpal petroleum jelly dengan jari dan oleskan pada rambut. Pastikan untuk melumuri seluruh area yang terkena. Petroleum jelly akan melonggarkan permen karet yang menempel pada rambut. Ini membuat permen karet dapat dengan mudah diangkat menggunakan jari, sisir, atau sikat gigi. Setelah semua peremen karet dihilangkan, bersihkan area rambut dengan kain bersih dan lembut.

Pasta gigi

Pasta Gigi (iStockphoto)

Pasta gigi tidak hanya akan membersihkan gigi, tapi juga untuk mengangkat permen karet dari rambut. Pasta gigi menjadi pilihan rumahan untuk mengeluarkan permen karet dari rambut. Pasta gigi berfungsi dengan menghancurkan lengket di permen karet.

Oleskan pasta gigi ke permen karet dan rambut, gosokkan pasta gigi dengan jari-jari. Biarkan hingga mengering. Setelah pasta gigi mengering, akan lebih mudah untuk menarik permen karet dari rambut dengan jari, sisir, atau sikat gigi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sektor Industri Sebagai Motor Penggerak Menuju Indonesia Sejahtera dan Berkelanjutan

Posted: 18 Nov 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejak lama sektor industri dituntut untuk menjadi motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional  dan di tengah revolusi industri 4,0. Kementerian Perindustrian telah menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rangka mendorong terwujudnya Indonesia yang sejahtera dan berkelanjutan yang dituangkan dalam peta jalan Making Indonesia 4.0.

Sejak tahun 2011, Indonesia memasuki revolusi industri generasi keempat, yang secara luas dikenal dengan istilah Industry 4.0. Secara global, hal itu ditandai dengan meningkatnya konektivitas,interaksi dan semakin konvergensinya batas antara manusia, mesin, dan sumber daya lainnya melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Hal tersebut menandakan bahwa revolusi tersebut adalah lompatan besar di sektor industri di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya tidak hanya dalam proses produksi, melainkan juga di seluruh rantai nilai guna mencapai efisiensi yang setinggi–tingginya sehingga melahirkan model bisnis yang baru dan berbasis digital.

Pembenahan di sektor industri pun banyak dilakukan,  terutama dalam aspek penguasaan infrastruktur serta teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi kunci utama penentu daya saing di era Industry 4.0.

Tantangan besar seperti penguasaan infrastruktur serta teknologi informasi dan komunikasi seperti Internet of Things, Big Data, Cloud Computing, Artificial Intellegence, Mobility, Virtual dan Augmented Reality, sistem sensor dan otomasi, Virtual Branding, dan sebagainya juga harus mampu dihadapi.

Indonesia terus berjuang untuk menjadi pemimpin ekonomi digital di Asia Tenggara pada tahun 2020. Target itu diperkuat seiring telah diluncurkannya peta jalan Making Indonesia 4.0, yang didedikasikan untuk modernisasi sektor manufaktur melalui pemanfaatan teknologi industri 4.0.

Berdasarkan laporan dari Google-Temasek, digital ekonomi atau internet ekonomi di Indonesia pada tahun 2019 telah mencapai USD 40 miliar, naik lima kali lipat dibanding tahun 2015 yang sebesar USD 8 miliar. Hal ini menegaskan posisi Indonesia sebagai The Biggest Internet Economy di Kawasan ASEAN, jauh meninggalkan negara-negara lainnya di ASEAN.

Hal tersebut didorong oleh pertumbuhan E-commerce dan transportasi online. Kedua sektor ini melibatkan UMKM sangat besar dan menjangkau dari mulai ibu-ibu rumah tangga di kampung-kampung hingga ke gedung-gedung tinggi.

Kemenperin cetuskan bermacam program adaptif

Program Adaptif Melihat fenomena ini, Kementerian Perindustrian telah meluncurkan program-program yang adaptif untuk menghadapi era baru tersebut. Pada tahun 2017 telah diluncurkan program Link and Match Vokasi Industri, E-Smart IKM. Program itu mendapat apresiasi dari Bapak Presiden Joko Widodo hingga Presiden menyatakan bahwa SDM Indonesia sebagai program penting pada periode berikutnya.

Kedua kebijakan ini menjadi landmark yang mendorong agar Indonesia dapat terus maju, sejahtera, dan berkelanjutan. Pada tahun 2018, Presiden meluncurkan Making Indonesia 4.0, yang menjadi trending, dibincangkan, dan dibicarakan di mana-mana, dan mendapat pengakuan dunia internasional.

Implementasi Making Indonesia 4.0 yang sukses akan mampu mendorong pertumbuhan PDB riil sebesar 1-2 persen per tahun, sehingga pertumbuhan PDB per tahun akan naik dari baseline sebesar 5 persen menjadi 6-7 persen pada periode tahun 2018-2030.

Dari capaian tersebut, industri manufaktur akan berkontribusi sebesar 16-25 persen terhadap PDB pada tahun 2030. Pertumbuhan PDB diproyeksi akan naik secara signifikan pada ekspor netto, di mana Indonesia diperkirakan mencapai 5-10 persen rasio ekspor netto terhadap PDB pada tahun 2030.

Selain kenaikan produktivitas, Making Indonesia 4.0 menjanjikan peningkatan lapangan pekerjaan dari 20 juta menjadi lebih dari 30 juta lapangan kerja, baik di sektor manufaktur maupun non-manufaktur pada tahun 2030 sebagai akibat dari permintaan ekspor yang lebih besar.

Dalam upaya mendukung pelaksanaan Making Indonesia 4.0, pemerintah juga tengah pengupayakan penguatan SDM melalui vokasi industri. Hal ini sangat penting guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil dan kompeten sesuai kebutuhan industri.

Hingga saat ini, melalui program link and match antara SMK dan Industri, Kementerian Perindustrian telah memfasilitasi kerja sama sebanyak 2.612 SMK dan 899 Industri dengan total 4.997 Perjanjian Kerja Sama (PKS) di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Barat, Sumatera bagian Utara, DKI Jakarta, Banten, Sumatera bagian Selatan, serta wilayah Sulawesi.

Pada tahun 2019, kebijakan-kebijakan yang diusulkan oleh Kementerian Perindustrian mulai diimplementasikan, seperti Super Deduction Tax untuk Vokasi, R&D, Industri Padat Karya dan Mobil Listrik, dan PPnBM Kendaraan.

Pemerintah juga telah melakukan upaya-upaya antara lain dengan memberikan insentif fiskal seperti skema Tax Allowance serta Tax Holiday serta melakukan upaya mengurangi ketergantungan impor terhadap bahan baku untuk mendorong sektor industri di Indonesia. Berbagai upaya tersebut untuk membangun industri Indonesia yang sejahtera dan berkelanjutan.

 

 

 

(Foto:@Kemenperin)

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantang Menyerah, India Kembali Rencanakan Misi Ketiga ke Bulan pada 2020

Posted: 18 Nov 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Kabar baik di bidang kedirgantaraan datang dari Indian Space Research Organisation (ISRO). Organisasi antariksa India ini dikabarkan sedang bekerja keras mengejar percobaan lain untuk kembali mendarat di Bulan.

ISRO dilaporkan tengah merancang Chandrayaan-3, yang hanya akan mencakup pendarat (lander) dan penjelajah (rover) karena mereka sudah memiliki pengorbit yang bekerja di Bulan: Chandrayaan-2.

Sebelumnya, Chandrayaan-2 berusaha mengerahkan lander yang disebut Vikram pada 6 September 2019, tetapi pesawat ruang angkasa ini mendadak hilang saat mendarat.

ISRO mengklaim melihat Vikram di permukaan satelit alami Bumi setelah pendaratan, tetapi instrumen pada Lunar Reconnaissance Orbiter NASA belum menemukannya pada akhir Oktober kemarin.

Seorang ilmuwan yang tidak disebutkan namanya, yang dikutip dari The Times of India, Rabu, 13 November 2019, mengatakan pendarat baru di Chandrayaan-3 akan memiliki kaki yang lebih kuat untuk memungkinkannya menahan sentuhan permukaan Bulan ketika meluncur dengan kecepatan lebih tinggi saat mendarat.

"Sangat penting untuk melakukan analisis terperinci tentang perubahan tersebut untuk meningkatkan sistem pendaratan, mengingat rekomendasi dari kedua komite ahli (dibentuk untuk melihat ke dalam Chandrayaan-2) dan rekomendasi yang tidak dapat dilaksanakan," tulis ISRO, seperti dikutip dari Space.com, Selasa (19/11/2019).

ISRO memiliki tiga subkomite dan panel yang memeriksa misi baru ini dan telah mengadakan setidaknya empat pertemuan tingkat tinggi sejak Oktober, menurut Times of India.

"Pada Selasa (12 November), komite tinjauan meninjau konfigurasi Chandrayaan-3," tulis surat kabar India itu, menambahkan bahwa komite ini juga memeriksa aspek-aspek seperti lokasi pendaratan, teknik navigasi dan komponen pesawat ruang angkasa.

Meski demikian, tanggal peluncuran dan muatan untuk Chandrayaan-3 belum dirilis, meskipun Times of India melaporkan bahwa tenggat waktu untuk proyek tersebut adalah November 2020.

Sementara itu, pengorbit Chandrayaan-2 masih berada dalam kondisi yang baik, menurut ISRO, dan instrumen yang dibawanya sedang mengumpulkan data-data.

Ambisi Jadi Negara Keempat untuk Mendaratkan Misi di Bulan

Vikram harus mendarat di dataran tinggi di antara dua kawah, Manzinus C dan Simpelius N, yang berada sekitar 70 derajat sebelah selatan, pada 6 September. Foto tersebut adalah GSLV MK-III. (ISRO)

India akan jadi negara keempat yang mendarat di Bulan melalui misi Chandrayaan-2. Namun, impian itu belum dapat terwujud karena kendaraan antariksa atau lander yang bernama Vikram dinyatakan hilang kontak setelah diluncurkan Chandrayaan-2.

Meski begitu, setelah Chandrayaan-2 mengelilingi bulan, astronom India melihat objek Vikram berada di permukaan bulan, tetapi masih belum ada sinyal dari kendaraan antariksa itu.

Kepala Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) K Sivan mengatakan, pihaknya akan berupaya memulihkan kontak dengan Vikram dalam kurun waktu 14 hari.

"Kami telah menemukan lokasi Lander Vikram di permukaan bulan dan Orbiter telah mengklik gambar termal Lander Vikram," kata Sivan, seperti dikutip dari space.com, Senin, 9 September 2019.

Lander Vikram hilang kontak pada Jumat 6 September ketika mencoba mendarat pertama kali di dekat kutub selatan Bulan. ISRO kehilangan kontak dengan Vikram ketika pendarat itu hanya 1,2 mil (2 kilometer) di atas permukaan Bulan.

Vikram merupakan bagian dari misi pendaratan bulan pertama India yang membawa robot penjelajah bulan pertama negara itu, yang bernama Pragyan.

NASA Rilis Foto yang Mungkin Jadi Lokasi Jatuhnya Vikram India di Bulan

Foto yang dirilis NASA menunjukkan kemungkinan area jatuhnya wahana pendarat Bulan (moon-lander) India, Vikram (sumber: NASA Goddard Flight Center)

Sebuah gambar yang diambil oleh NASA Lunar Reconnaissance Orbiter pada 17 September 2019, mungkin menunjukkan situs jatuhnya wahana pendarat Bulan (moon-lander) milik India, Vikram.

Foto itu (tampak pada laman muka artikel) mungkin tampak seperti gambar hamparan kawah Bulan semata.

Tetapi, di suatu tempat dalam gambar, ada sebongkah logam dan alat elektronik yang tadinya membawa harapan Negeri Bollywood atas eksplorasi ilmu Bulan, demikian seperti dikutip dari Livescience, Senin, 30 September 2019.

Gambar itu ditangkap oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) NASA pada 17 September ketika terbang di atas lokasi pendaratan yang ditargetkan dari misi Chandrayaan-2 India.

Proyek itu, yang dijuluki Vikram, jatuh dan hilang sinyal di menit-menit akhir prosedur pendaratan pada 6 September 2019. Pendarat Vikram menargetkan sepetak tanah tinggi antara dua kawah yang disebut Simpelius N dan Manzinus C sebagai lokasi pendaratan.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), yang mengawasi misi, menghabiskan dua minggu mencoba membangun komunikasi dengan pendarat itu.

ISRO mengatakan, pihaknya dapat menemukan pendarat dengan komponen pengorbit dari misi Chandrayaan-2, tetapi agensi tersebut belum merilis foto-foto itu.

NASA ingin membantu upaya tersebut, tetapi sudut tangkap LRO pada adegan itu tidak optimal selama perlintasan pertama dari lokasi pendaratan Vikram yang ditargetkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Beri Ancaman, Piatek Pilih Berganti Klub

Posted: 18 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Milan - AC Milan sudah memberikan ancaman kepada strikernya Krzysztof Piatek. Mereja akan melepas Piatek ke klub lain dengan status pinjaman jika tidak produktif pada lima laga berikutnya.

Namun hal itu berubah pada musim 2019-20. Ketajaman Piatek menurun sehingga tidak banyak memberikan kontribusi untuk AC Milan.

Terkait dengan itu, Piatek sempat berbicara kepada pers soal pernampilannya.. Dan, ia memberi isyarat bahwa dia akan segera pindah.

Piatek mencetak gol untuk timnas Polandia saat bertugas internasional pekan ini. Jika berganti klub, Piatek ingin menggandakan nilainya meski ia menjalani awal musim yang mengerikan untuk musim ini.

AC Milan menebus Piatek pada Januari 2019 dari Genoa dengan harga 35 juta euro. Saat itu, Piatek tampil brilian dengan mencetak sembilan gol dari 18 penampilan untuk Milan.

Tujuan Baru

2. Krzysztof Piatek (AC Milan) - 22 Gol (2 Penalti). (AFP/Miguel Medina)

"Ketika saya pindah ke Milan, semuanya terjadi begitu cepat sehingga saya bahkan tidak mengajukan pertanyaan," katanya.

"Saya fokus pada pekerjaan, di sepakbola ya. Itu selalu tentang menetapkan tujuan baru. Sekarang saya bernilai 38 juta, pada saat saya berganti klub, saya ingin bernilai 60-70 juta.

"Saya harus ambisius, saya akan bekerja untuk itu. Pada awal karier saya, itu hanya musim kedua saya di Serie A, salah satu dari lima kejuaraan teratas."

Cari Kesalahan

Dia kemudian berkata, "Saya melihat ke cermin dan mencari kesalahan di dalam diri saya. Pada awalnya, sebagai tim, kami tidak menciptakan begitu banyak peluang. Kami membaik, saya akan mencetak gol lag."

"Untuk wartawan Italia, suatu hari Anda menyebut paus sepakbola dan hari berikutnya Anda adalah pemain terburuk. Saya menerimanya. Tidak ada yang menempatkan diri pada posisi saya, sampul koran tidak menyentuh saya. "

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sehatkan Jiwasraya, Kemenkeu Pastikan Tak Pakai APBN

Posted: 18 Nov 2019 08:45 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyatakan telah menyiapkan sejumlah skenario untuk menutup defisit likuiditas yang sedang dialami PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Meski pendanaan tidak berasal dari anggaran pendapatan dan belajar megara (APBN), namun Kementerian Keuangan tetap percaya diri bahwa masalah Jiwasraya dapat diselesaikan.

"Kalau ada kebutuhan modal tambahan, sejauh ini Kemenkeu meyakini bahwa penyelesaian Jiwasraya tidak perlu ada dari APBN," ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata dikutip dari Antara, Selasa (19/11/2019). 

Isa menjelaskan, upaya penyehatan likuiditas Jiwasraya berada di bawah koordinasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku kuasa pemegang saham.

Berangkat dari hal itu, ia pun belum mengetahui kebutuhan likuiditas yang diperlukan oleh perusahaan asuransi jiwa tertua di Indonesia ini.

"Nanti kita lihat. Saya belum lihat itu detailnya," kata Isa.

 

8 Investor

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengaku pihaknya telah menyiapkan sejumlah skenario untuk menyehatkan kembali kondisi keuangan Jiwasraya.

Satu di antaranya dengan mencari investor strategis untuk PT Jiwasraya Putra yang digadang-gadang akan menjadi salah satu skenario dari penyehatan perseroan.

"Masih due diligence dengan delapan investor. Semuanya investor asing," ujar Kartika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Dilarang Pamer, Polri: Harus Empati ke Tiap Lapisan Masyarakat

Posted: 18 Nov 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melarang polisi pamer kemewahan, meski hanya di media sosial. Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menjelaskan, instruksi ini merupakan salah satu bentuk cerminan polisi sebagai pelindung masyarakat.

"Ini dimaksudkan karena anggota Polri itu pelindung dan pengayom masyarakat. Semua lapisan masyarakat, mereka harus berempati ke situ," tutur Iqbal menjelaskan instruksi Kapolri di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Menurut dia, anggota Polri harus menjauhi gaya hidup hedonis. Juga jangan sampai buta dengan tingginya jabatan.

"Sesuai dengan moto kami, kami melayani dan melindungi semua masyarakat. Kami juga harus tampil sederhana, bersahaja, tidak memandang pangkat," jelas Iqbal.

Instruksi Kapolri tersebut teruang dalam Surat Telegram Nomor: ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVPROPAM tanggal 15 November 2019. 

 

Berikut isi surat telegram tersebut:

Komjen Pol Idham Azis memberikan isyarat saat upacara pelantikannya sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11/2019). Idham Azis dilantik menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang diangkat menjadi Mendagri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sehubungan dengan ref tersebut di atas, disampaikan kepada KA bahwa Polri sebagai alat negara bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat harus mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih melalui penerapan pola hidup yang sederhana dengan tidak bergaya hidup mewah, menunjukkan hedonisme dalam kehidupan sehari-hari, baik di internal institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Pegawai Negeri pada Polri harus menyesuaikan kemampuan ekonomi sebagai cerminan sifat prihatin untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, dalam rangka mewujudkan aparatur negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, agar memedomani pola hidup sederhana.

1. Tidak menunjukkan, memakai, memamerkan barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari baik dalam interaksi sosial di kedinasan maupun di area publik.

2. Senantiasa menjaga diri, menempatkan diri pola hidup sederhana di lingkungan institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat.

3. Tidak mengunggah foto atau video pada medsos yang menunjukkan gaya hidup yang hedonis karena dapat menimbulkan kecemburuan sosial.

4. Menyesuaikan norma hukum, kepatutan, kepantasan, dengan kondisi lingkungan tempat tinggal.

5. Menggunakan atribut Polri yang sesuai dengan pembagian untuk penyamarataan.

6. Pimpinan kasatwil, perwira dapat memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik, tidak memperlihatkan gaya hidup yang hedonis terutama Bhayangkari dan keluarga besar Polri.

7. Dikenakan sanksi yang tegas bagi anggota Polri yang melanggar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Alex Marquez Resmi Bergabung dengan Repsol Honda

Posted: 18 Nov 2019 08:35 PM PST

Jakarta - Alex Marquez resmi bergabung dengan Repsol Honda. Juara Moto2 2019 itu menggantikan Jorge Lorenzo yang pensiun menjelang akhir musim MotoGP 2019.

Dengan demikian, Alex akan bahu membahu dengan sang kakak, Marc Marquez, mulai MotoGP musim depan. "Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan Alex Marquez. Pembalap muda Spanyol itu akan bergabung dengan Tim Repsol Honda dengan kontrak satu tahun," demikian pernyataan HRC. 

Alex Marquez telah mengambil bagian dalam beberapa acara Honda MotoGP sebelumnya. Yang terkini ialah terlibat dalam tes di Jerez pada 2017.

Pembalap berusia 23 tahun itu sekarang bersiap untuk melakukan debut di MotoGP pada tes pramusim di Valencia pekan ini.

Sesuai prediksi, Honda memilih darah segar ketimbang mematenkan Johann Zarco yang menjadi pembalap pengganti Takaaki Nakagami dalam tiga seri terakhir MotoGP.

Bergabungnya Alex Marquez ke Honda sudah diprediksi banyak pihak. Sang kakak, membantah telah memengaruhi Honda untuk merekrut adiknya. Namun, Honda diyakini mengontrak Alex untuk memuluskan negosiasi kontrak baru Marc Marquez.

 

Juara Moto2

Pembalap MotoGP Marc Marquez (kiri) bersama pembalap Moto2 Alex Marquez (tengah) dan pembalap Moto3 Lorenzo Dalla Porta (kanan) berswafoto di depan Valencia Motorcycle Grand Prix, Spanyol, Minggu (17/11/2019). Ketiganya sukses merebut gelar juara dunia tahun 2019. (AP Photo/Alberto Saiz)

Alex Marquez meraih gelar juara dunia Moto2 2019. Bagi Alex, ini adalah gelar perdana sejak turun membalap di kelas Moto2 pada 2015. Selain itu, pria berusia 23 tahun tersebut merupakan pembalap pertama yang berhasil meraih gelar juara dunia Moto3 dan Moto2.

Gelar ini membuat Alex mengikuti jejak sang kakak, Marc Marquez, yang juga meraih gelar juara dunia pada musim ini. Marquez berhasil mengunci titel juara dunia MotoGP pada seri Thailand, 6 Oktober lalu. 

Pada balapan terakhir Moto2 musim ini, Alex Marquez dan seluruh pembalap akan tampil di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada 17 November mendatang.

Sumber: Crash

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi / Editor Rizki Hidayat, Published 19/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 1 Desember, Registrasi Produk Bisa Dilakukan Secara Online

Posted: 18 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan melakukan simplifikasi pendaftaran Nomor Pendaftaran Barang (NPB) agar bisa dilakukan secara online. Selain itu, Nomor Registrasi Produk (NRP) juga akan dilebur dengan NPB.

Proses ini bisa dilakukan di portal Sistem Informasi dan Manajemen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (SIMPKTN). Sistem ini diharapkan membantu pelaku usaha dari daerah yang ingin membuat NPB tanpa perlu datang jauh-jauh ke kantor di Jakarta.

"Efektif pada 1 Desember 2019. Kurang lebih dua minggu lagi. Jadi, bapak-bapak dan ibu-ibu tak perlu datang jauh-jauh ke Ciracas (Kantor Standarisasi dan Pengendalian Mutu)," ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggriono di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Kebijakan elektronifikasi ini berdasarkan PP Nomor 24 Tahun 2008 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Veri menyebut proses penerbitan pun menjadi lebih singkat menjadi paling lama tiga hari serta mencegah gratifikasi karena prosesnya sudah online.

NPB sendiri dibutuhkan oleh produsen dan importir yang ingin melaksanakan kegiatan usaha. Untuk menikmati sistem ini, pelaku usaha harus mendaftar dahulu di sistem Online Single Submission (OSS) untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Setelah mendapat NIB, pelaku usaha bisa mendaftar di inatrade.kemendag.go.id untuk mendapat Hak Akses ke portal SIMPKTN. Barulah pelaku usaha bisa melakukan pendaftaran NPB.

Kelebihan Sistem Registrasi Online

Kemendag telah mempelopori pendirian IDDC sebagai pusat pengembangan produk ekspor yang bernilai tambah dan berdaya saing di pasar global, Jakarta, Kamis (29/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kelebihan SIMPKTN adalah adanya integrasi sistem untuk Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dalam negeri. Lembaga ini berperan menerbitkan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI (SPPT-SNI) untuk pelaku usaha sebagai syarat wajib permohonan NPB.

LPK melalui Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) melakukan pengujian produk untuk menerbitkan SPPT-SNI. Para LPK itu pun wajib melaporkan tiap terbitnya SPTT-SNI lewat SIMPKTN demi terciptanya integrasi.

"Mereka diwajibkan oleh kita untuk melaporkan LSPro mana yang mengeluarkan dokumen SPPT-SNI, kalau tidak melaporkan kan repot kita mendapatkan data-datanya," ujar Veri.

NPB pun tidak akan terbit jika pihak LPK tidak melakukan pelaporan di portal SIMPTKN. Setelah ada permohonan pelaku usaha dan laporan dari LPK, Kemendag baru bisa memberi keputusan apakah NPB bagi pelaku usaha bisa diterbitkan.

Kemendag juga menyebut pelaku usaha yang sudah memiliki NPB dan NPR tidak perlu khawatir untuk mendaftar lagi, karena NPB mereka tetap berlaku sesuai masa SPTT-SNI masing-masing.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kebersamaan Cinta Laura dan Aero Aswar, Dikabarkan Tengah Dekat

Posted: 18 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah dikabarkan putus dari Frank beberapa bulan yang lalu, pemain sinetron Cinderella, Cinta Laura nampaknya sudah menemukan tambatan hati yang baru. Wanita keturunan Indonesia-Jerman ini dikabarkan dekat dengan soerang atlet bernama pria bernama Aero Aswar.

Kabar kedekatan Cinta dan Aero diketahui publik melalui sebuah video yang meperlihatkan momen wanita 26 tahun ini sedang merangkul Aero di sebuah sofa. Tak menunggu waktu lama, video kebersamaan Cinta dan Aero pun tersebar di dunia maya.

Setelah ditelusuri, nyatanya tak hanya sekali ini saja Aero Aswar dan Cinta Laura terlihat bersama. Dalam beberapa kesempatan, Cinta dan Aero beberapa kali terlihat datang bersama di sebuah acara. Meski keduanya tengah dikabarkan dekat, akan tetapi baik Cinta Laura ataupun Aero Aswar tak memberi komentar akan hubungan keduanya. 

Nah, penasaran seperti apa momen kebersamaan Aero Aswar dan Cinta, dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kebersamaan Aero dan Cinta Laura, Selasa (19/11/2019).

1. Pelantun lagu Oh Baby ini baru-baru ini dikabarkan tengah dekat dengan atlet jestki, Aero Aswar.

Cinta Laura dan Aero Aswar (Sumber: Instagram/plazaindonesia)

2. Momen kebersamaan Cinta Laura dan Aero Aswar saat menghadiri sebuah acara pada bulan April lalu.

Cinta Laura dan Aero Aswar (Sumber: Instagram/aeroaswar/

3. Keduanya kompak menggunakan baju berwarna hitam, saat hadir di acara ulang tahun Nadira Adnan pada September 2019 lalu.

Cinta Laura dan Aero Aswar (Sumber: Instagram/aeroaswar/

4. Aero dan Cinta juga tak melewatkan acara pesta kostum, keduanya tampil memukau dengan kostum halloweennya.

Cinta Laura dan Aero Aswar (Sumber: Instagram/mulanisanjay/

5. Meski Cinta tak pernah mengunggah potret kebersamaan dengan Aero, namun keduanya terlihat sering bersama.

Cinta Laura dan Aero Aswar (Sumber: Instagram/scenic180/

6. Tak hanya datang dalam sebuah acara, keduanya juga terlihat bermain golf bersama loh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: