Jumat, 15 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menteri Kehakiman Hong Kong Diserang di Inggris, China Berang

Posted: 15 Nov 2019 09:56 PM PST

Liputan6.com, London - China mengutuk "serangan mengerikan" oleh para pemrotes terhadap Sekretaris Hakim Hong Kong di London pada Kamis malam.

Teresa Cheng jatuh dan dirawat karena cedera lengan di rumah sakit setelah didesak oleh sekitar 30 pendukung gerakan pro-demokrasi Hong Kong.

Dilansir dari BBC, Sabtu (16/11/2019), pejabat China Geng Shuang mengatakan beberapa orang di Inggris "mendukung aksi kekerasan ... untuk menciptakan kekacauan" di bekas koloninya.

Hong Kong telah dilanda protes anti-pemerintah selama lima bulan.

Kampanye dimulai dengan menentang rencana yang sekarang ditarik untuk memungkinkan ekstradisi ke daratan Cina, tetapi sejak itu berubah menjadi demonstrasi yang lebih luas mendukung demokrasi dan menentang tindakan polisi.

Protes terus berlanjut dan sering berjalannya waktu, hal tersebut berubah menjadi kekerasan. Pada hari Kamis, seorang pria berusia 70 tahun meninggal setelah terkena batu bata yang dilemparkan selama bentrokan.

Sementara itu Hong Kong mengkonfirmasi telah memasuki resesi pertama selama satu dekade, dengan ekonomi menyusut 3,2% pada Juli hingga September, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Apa yang Terjadi?

Ilustrasi bendera Hong Kong (AFP Photo)

Sekretaris Hakim, Teresa Cheng berada di Camden, London utara, untuk mempromosikan Hong Kong sebagai pusat penyelesaian perselisihan dan kesepakatan.

Sebuah video menunjukkan dia berjalan menuju sebuah kelas di Chartered Institute of Arbitrators (CIArb) ketika dia dikelilingi oleh sekelompok pengunjuk rasa. Beberapa memegang tanda-tanda dan berteriak "pembunuh" dan kemudian, Cheng jatuh ke tanah.

Polisi Metropolitan London mengatakan mereka sedang menyelidiki tuduhan penyerangan dan belum ada penangkapan yang dilakukan.

"Seorang wanita dibawa ke rumah sakit oleh London Ambulance Service yang menderita cedera pada lengannya," lapor sebuah pernyataan.

Dalam sebuah pernyataan, CIArb mengatakan Cheng telah "diserang oleh banyak orang".

Tom Tugendhat, ketua komite urusan luar negeri parlemen, mengutuk perilaku para pengunjuk rasa.

Reaksi China

Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Mr Geng, juru bicara kementerian luar negeri China, mengatakan serangan itu "secara langsung terkait dengan politisi Inggris tertentu yang membingungkan benar dan salah dalam masalah Hong Kong dan dukungan mereka untuk tindakan kekerasan, memberikan landasan bagi mereka yang anti-China dan ingin menciptakan kekacauan di Hong Kong".

Dia mengatakan jika Inggris tidak mengubah pendekatannya dan terus menambah "bahan bakar ke api", menabur perselisihan dan menghasut orang lain itu akan "membawa bencana pada dirinya sendiri".

Dia mendesak Inggris untuk "membawa para pelakunya ke pengadilan dan ... juga melindungi keselamatan dan integritas semua orang China di negara ini".

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam juga mengutuk para pengunjuk rasa di Inggris, mengatakan "tindakan biadab melanggar garis bawah masyarakat beradab".

Kantor Cheng mengatakan dia "menghasut gerombolan perusuh di London menyebabkan luka serius dalam perjalanan ke tempat acara".

Para pengunjuk rasa mengatakan Cheng memainkan peran penting dalam mendorong RUU ekstradisi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPhone 11 Segera Resmi Dijual di Indonesia, Kapan?

Posted: 15 Nov 2019 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar gembira bagi kamu yang menanti penjualan resmi iPhone 11 di Indonesia. Salah satu distrobutor gadget terbesar di Tanah Air, Teletama Artha Mandiri (TAM), mengumumkan bakal segera menjual smartphone Apple terbaru itu.

Director Marketing and Communication Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo, memastikan TAM bakal menjual iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 pada 6 Desember 2019 melalui jaringan ritel Erajaya.

"TAM, anak usaha Erajaya Group, akan segera menghadirkan iPhone terbaru dan tercanggih yaitu iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 pada tanggal 6 Desember 2019 melalui jaringan ritel Erajaya (iBox, Erafone and Urban Republic)," kata pria yang karib disapa Koko melalui keterangannya, Sabtu (16/11/2019).

Ia menambahkan, jaringan ritel partner Apple lainnya (Story-i and mE Gallery) di seluruh Indonesia juga akan memasarkan iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11.

Selain itu, Smartfren juga berencana untuk menghadirkan paket bundling iPhone 11 series ke Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, saat ditemui wartawan di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

"Smartfren sudah dua tahun berturut-turut (menghadirkan paket bundling) dan akan ada. Ini belum dipastikan, masih dalam tahap pembicaraaan," kata Djoko.

Djoko mengatakan, ada cukup banyak pelanggan Smartfren yang menggunakan iPhone.

Namun demikian, secara unit, Djoko menyebut jumlah kontribusi penjualan paket bundling iPhone tidak begitu besar. Pasalnya, iPhone adalah produk yang menyasar konsumen menengah atas dengan harga mencapai Rp 20 jutaan.

Ini Harga Trio iPhone 11

Tiga kamera belakang iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

Apple akhirnya mengumumkan trio iPhone 11 pada Rabu dini hari (11/9/2019), waktu Indonesia. Ketiganya hadir dengan nama iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Dilansir GSM Arena, Kamis (12/9/2019), iPhone 11 di Amerika Serikat (AS) akan dijual USD 50 lebih murah daripada harga awal pendahulunya, iPhone XR. Sementara iPhone 11 dan 11 Pro Max memiliki harga yang sama seperti pendahulunya, iPhone XS dan XS Max.

iPhone 11 di AS dibanderol mulai dari USD 699, sementara iPhone 11 Pro USD 999. iPhone 11 Pro Max dijual dengan harga USD 1.099. Harga jual tersebut untuk memori internal 64GB.

iPhone 11 varian memori internal 128GB dibanderol USD 749, dan 256GB USD 849. iPhone 11 Pro untuk memori internal yang sama dijual USD 1.149 dan USD 1.349. Sementara iPhone 11 Pro seharga USD 1.249 dan USD 1.449.

Berikut rincian harga jual trio iPhone 11 untuk varian memori internal 64GB di sejumlah negara:

Pre-order seri iPhone terbaru ini akan mulai digelar pada 13 September. Pengapalan perdananya pada 20 September 2019.

iPhone 11 Pro dan Pro Max Meluncur dengan Tiga Kamera Utama

Tiga kamera belakang iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

Lebih lanjut, ada perbedaan antara varian iPhone 11 dengan Pro dan Pro Max. Perbedaan paling mencolok yaitu Pro dan Pro Max memiliki tiga kamera utama.

Selain dua lensa wide angle dan ultra wide angle, yang menawarkan pengalaman lebih baik dalam memotret lanskap dan wide shot, iPhone 11 Pro dan Pro Max dibekali satu lensa telephoto.

Untuk dapur pacu, Apple menyematkan chipset A13 bionic. Apple dalam presentasinya saat mengumumkan ketiga iPhone, membandingkan A13 bionic dengan A12 bionic pada iPhone XR, Snapdragon 855 pada Galaxy S10+, Kirin 980 pada P30 Pro dan Snapdragon 845 pada Pixel 3.

(Isk/Din)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto La Lembah Manah, Cucu Ketiga Jokowi yang Mirip Jan Ethes

Posted: 15 Nov 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar Bahagia tengah menyelimuti keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pasalnya, Selvi Ananda istri Gibran Rakabuming Raka, putra pertama Jokowi baru saja melahirkan anak kedua. Anak kedua dari Gibran sendiri diketahui berjenis kelamin perempuan. Kelahiran putri kedua dari Gibran ini pun menjadi cucu ketiga dari Joko Widodo setelah Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah.

Tentu saja kebahagiaan dirasakan oleh Gibran dan sang istri serta keluarga besar lainnya. Anak kedua Gibran yang lahir di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo pada Jumat (15/11/2019) kemarin ini diberi nama La Lembah Manah.

Selain itu, diketahui pula jika putri pertama dari pasangan Gibran dan Selvi Ananda ini memiliki berat 2,92 kilogram dengan Panjang 46,5 sentimeter. Baik Gibran maupun Jokowi pun telah mengunggah foto dari La Lembah Manah di akun Instagram masing-masing. Gibran sendiri memberi nama La Lembah Manah yang memiliki arti lembut, luwes serta rendah hati.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (16/11/2019) berikut ini beberapa potret La Lembah Manah adik dari Jan Ethes, cucu ketiga Joko Widodo.

1. Putri pertama Gibran Rakabuming ini terlihat menggemaskan.

La Lembah Manah (Sumber: BPMI)

2. Keluarga Gibran serta Selvi turut hadir saat kelahiran La Lembah Manah.

La Lembah Manah (Sumber: Fotografer Presiden/ Agus Suparto)

3. Ini dia foto keluarga kecil Gibran yang semakin lengkap dengan kehadiran anak kedua.

La Lembah Manah (Sumber: Fotografer Presiden/ Agus Suparto)

4. Gibran juga mengunggah foto bersama sang putri di akun Instagram pribadinya.

La Lembah Manah (Sumber: Fotografer Presiden/ Agus Suparto)

5. Iriana Jokowi terlihat tak ingin meninggalkan sang cucu yang baru saja lahir.

La Lembah Manah (Sumber: Fotografer Presiden/ Agus Suparto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Susunan Indonesia U-22 Vs Iran Sore Ini: Egy Maulana bakal Bermain?

Posted: 15 Nov 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 akan kembali menghadapi Iran dalam laga ujicoba di Stadion Pakansari, Sabtu (16/11/2019). Itu adalah laga kedua setelah hasil imbang 1-1 yang dipetik pada pertemuan pertama di Bali.

Laga melawan Iran bagi timnas Indonesia U-22 menjadi ajang pemanasan sebelum turun di SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri menuturkan, timnya sudah mengevaluasi hasil di laga pertama.

"Kami mematangkan persiapan bagaimana untuk menghadapi Iran. Kami juga mengevaluasi taktik dari laga pertama kami di Gianyar," ujar Indra dinukil dari laman PSSI.

Eks pelatih Bali United itu diprediksi tidak akan mengubah banyak komposisi pemain. Indra tampaknya bakal memasukan beberapa nama yang absen pada laga petama.

Di posisi kiper, Indra sepertinya bakal menjajal Muhammad Riyandi. Pada laga pertama, Awan Setho lebih dipilih pelatih asal Sumatra Barat tersebut.

Indra juga bakal memainkan Egy Maulana Vikri yang sebelumnya absen. Egy akan bertandem dengan Evan Dimas dan Muhammad Luthfi Kamal.

Meski mengubah komposisi pemain, formasi 4-3-3 tampaknya akan tetap diandalkan timnas Indonesia U-22. Di sektor depan, Osvaldo Haay, Irkham Zahrul, dan Muhammad Rafli.

 

 

Iran Kelelahan

Timnas Indonesia U-22. (Bola.com/Dody Iryawan)

Sementara itu, setelah bermain imbang 1-1 melawan Timnas Indonesia U-22, Iran mengaku kelelahan. Pasukan Hamid Estili mengaku tidak punya waktu istirahat yang memadai.

"Kami tak punya waktu tidur dan istirahat cukup. Ini menjadi masalah buat kami. Semoga laga selanjutnya bisa lebih bagus di laga kedua melawan Timnas Indonesia U-22 lagi," jelas Estili.

Berikut Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Iran

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Andi Setyo Nugroho, Firza Andika (belakang); Muhammad Luthfi Kamal, Evan Dimas Darmono, Egy Maulana Vikri (tengah); Osvaldo Haay, Irkham Zahrul Mila, Muhammad Rafli (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Iran U-23 (3-5-2): Meraj Esmaeili Esfahani (kiper); Mohammad Mioslemipour, Aref Gholami, Aref Aghasi Kolahsorkhi (belakang); Omid Nor Afkan, Mohammad Sharifi, Mohammad Mehdi Mehdikha, Reza Shekari Ghezelghayeh, Amir Roustaei (tengah); Mehdi Ghayedi, Mohammadreza Azadi (depan)

Pelatih: Hamidreza Estili

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penyanyi Chile Pamer Payudara di Latin Grammy Awards

Posted: 15 Nov 2019 09:45 PM PST

Penyanyi Chile Mon Laferte membuka bajunya saat berpose di karpet merah Latin Grammy Awards 2019, MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (14/11/2019). Aksi Mon merupakan bentuk pernyataan politik atas situasi kekerasan dalam demonstrasi di negaranya. (Bridget BENNETT/AFP)

Penyanyi Chile Mon Laferte membuka bajunya saat berpose di karpet merah Latin Grammy Awards 2019, MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (14/11/2019). Aksi Mon merupakan bentuk pernyataan politik atas situasi kekerasan dalam demonstrasi di negaranya. (Bridget BENNETT/AFP)

Penyanyi Chile Mon Laferte membuka bajunya saat berpose di karpet merah Latin Grammy Awards 2019, MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (14/11/2019). Aksi mon juga sebagai bentuk dukungan bagi demonstran antipemerintah di Chile. (Bridget BENNETT/AFP)

Penyanyi Chile Mon Laferte membuka bajunya saat berpose di karpet merah Latin Grammy Awards 2019, MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (14/11/2019). Aksi mon juga sebagai bentuk dukungan bagi demonstran antipemerintah di Chile. (Bridget BENNETT/AFP)

Penyanyi Chile Mon Laferte memberi sambutan saat menerima piala penghargaan Latin Grammy Awards 2019 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (14/11/2019). Mon meraih penghargaan untuk album musik alternatif terbaik. (Greg Doherty/Getty Images for LARAS/AFP)

Penyanyi Chile Mon Laferte memberi sambutan saat menerima piala penghargaan Latin Grammy Awards 2019 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (14/11/2019). Mon meraih penghargaan untuk album musik alternatif terbaik. (Greg Doherty/Getty Images for LARAS/AFP)

Penyanyi Chile Mon Laferte menunjukkan piala penghargaan Latin Grammy Awards 2019 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (14/11/2019). Mon mendedikasikan kemenangannya untuk rakyat Chile. (Gabe Ginsberg/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Penyanyi Chile Mon Laferte menunjukkan piala penghargaan Latin Grammy Awards 2019 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis (14/11/2019). Mon mendedikasikan kemenangannya untuk rakyat Chile. (Gabe Ginsberg/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asal-usul Uang Korupsi Pengadaan Batu Bara PLN Rp 477 Miliar yang Dieksekusi Kejagung

Posted: 15 Nov 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung memamerkan uang korupsi pengadaan batubara untuk pasokan PLN sebesar Rp 477 miliar, Jumat 15 November 2019.

Uang tersebut merupakan barang bukti (BB) yang dikembalikan terpidana korupsi Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim dengan jumlah kerugian negara dari kasus korupsi PLN itu mencapai Rp 477.359.539.000.

Berdasar Putusan Mahkamah Agung Nomor 3318K/Pid/Sus/2019 tertanggal 17 Oktober 2019, Kokos dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam perjanjian kerja sama PT PLN Batubara dan PT Tansri Madjid Energi (TME). PT TME merupakan perusahaan yang dulu dipimpin Kokos sebagai direktur utama. MA memerintahkan agar uang tersebut disetorkan ke kas negara.

Jaksa Agung ST Burhanuddin menjelaskan, terdapat banyak transaksi ganjil dari PT PLN kepada PT TME.

Perusahaan Kokos itu bekerja sama terkait dengan izin pengadaan batu bara untuk memenuhi kebutuhan pasokan PLN. Kokos dan Dirut PT PLN Batubara Khairil Wahyuni (periode 2011-2012) mengatur nota kesepahaman atau MoU operasi pengusahaan batu bara agar diberikan kepada PT TME.

Di tengah jalan, PT TME justru tidak melakukan kajian teknis seperti yang disepakati. Batu bara yang diperjualbelikan merupakan pasokan cadangan dan tidak sesuai dengan spesifikasi. "Banyak hal yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan dan seharusnya kepada PT TME tidak dilakukan pembayaran. Tapi, oleh PT PLN Batubara, dilakukan pembayaran sejumlah Rp 477 miliar," jelas Burhanuddin.

Kokos ditangkap tim tangkap buron (tabur) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada Senin (11/11) dan langsung dijebloskan ke penjara. Lima hari mendekam di penjara, Kokos mengembalikan uang sejumlah kerugian negara tersebut secara tunai. Dia dijatuhi hukuman empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider enam bulan kurungan.

"Dijatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa untuk membayar uang pengganti. Uang tersebut telah disetor ke kas negara oleh jaksa eksekutor melalui sistem informasi PNBP online. Itulah yang kami lakukan hari ini," kata ST Burhanuddin soal korupsi batubara PLN tersebut.

 

Bermula Pada 2011

Jaksa Agung ST Burhanuddin menggelar barang bukti perkara hasil eksekusi perkara terpidana Koko Jiang alias Kokos Leo Lim di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (15/11/2019). Kejaksaan menyita barang bukti dalam perkara tindak pidana korupsi sebesar Rp. 477.359.539.000. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Kokos divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor Jakarta pada 12 Juni 2019. Padahal, mantan Dirut PT PLN Batubara Khairil Wahyuni tetap mendapat hukum penjara meskipun lebih ringan dari tuntutan jaksa, yakni dua tahun. Jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Jakarta Selatan dan Kejati DKI Jakarta lantas mengajukan kasasi ke MA. Kasasi tersebut akhirnya dikabulkan MA pada Oktober lalu.

Kasus korupsi itu ditengarai bermula ketika PLN mencari batu bara untuk pembangkit daya pada 2011. Kokos yang bergerak di usaha batu bara menawarkan pasokan dari Muaraenim, Sumatera Selatan.

Selama sidang, diketahui dia mengatur agar proyek bisa jatuh ke perusahaannya. Kerja sama kedua pihak itu berlangsung sejak 2012. Untuk eksplorasi pertama, PLN Batubara mentransfer dana Rp 30 miliar kepada PT TME. Kemudian, Rp 447 miliar selanjutnya menyusul setelah analisis laporan konsultan keluar. Namun, diketahui kemudian bahwa analisis tersebut dimanipulasi.

Setelah putusan MA keluar, tim dari kejaksaan berusaha menangkap Kokos di rumahnya di Ciracas, Jakarta Timur. Namun, Kokos ditangkap ketika sedang periksa kesehatan di RS Bina Waluya, Jakarta Timur.

 

Ikuti berita Jawapos lainnya di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Penyiram Cairan Kimia yang Teror Warga Jakarta Barat

Posted: 15 Nov 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya bersama tim gabungan menangkap satu pelaku teror penyiraman cairan kimia yang aksinya sangat meresahkan warga Jakarta Barat.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto membenarkan kabar penangkapan pelaku.

"Iya sudah," kata Suyudi saat dikonfirmasi di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (16/11/2019).

Petugas berhasil menangkap pelaku yang aksinya terekam CCTV di kawasan Jakarta Barat. Petugas dari Subdit Resmob Polda Metro Jaya kemudian menyebarkan sketsa wajah pelaku.

Pelaku ditangkap tim gabungan Subdit Jatanras, Subdit Resmob Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Barat.

Saat ini pelaku penyiram cairan kimia ditahan di Polda Metro Jaya dan sedang menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik.

Teror Warga Jakbar

Dalam satu minggu terakhir, tiga peristiwa penyiraman cairan kimia telah terjadi di wilayah Jakarta Barat.

Kasus pertama dialami dua siswi SMPN 229 Jakarta Barat berinisial A dan PN yang sedang berjalan kaki di Jalan Kebon Jeruk Raya pada Selasa (5/11/2019).

Disusul kemudian penyiraman cairan kimia kepada nenek pedagang sayuran di Taman Aries, Meruya Utara, Kembangan, pada 8 November 2019.

Sedangkan kasus ketiga menimpa enam siswi SMPN 207 Kembangan. Keenamnya menjadi korban penyiraman cairan kimia sepulang sekolah di Jalan Mawar, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (15/11/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Jembatan di Tengah Jalan di Jakarta Timur

Posted: 15 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siang itu matahari bersinar terik. Panas terasa menyengat kulit. Deru kendaraan dan bunyi klakson terdengar bising menganggu telinga.

Sepeda motor dan mobil seliweran di jalan raya. Sesekali laju kendaraan terhenti karena lampu lalu lintas berwarna merah.

Begitulah suasana di dekat Jembatan Penyebarangan Orang (JPO), Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Kondisi jembatan sangat tidak terawat.

Letaknya berada persis di tengah jalan. Road barrier dan zebra cross menjadi petunjuk pejalan kaki yang ingin menikmati fasilitas JPO.

Sekira 40 anak tangga menyambut kedatangan penggunanya. Sesampainya di atas Anda disuguhkan pemandangan gedung-gedung menjulang, dan kabel ultilitas semrawut

Jembatan ini membantu pejalan kaki yang ingin menyeberang dari Jalan Dewi Sartika ke arah MT Haryono. Sekilas jembatan seperti tak berujung. Sebab, diujung jembatan tertutup bangunan-bangunan semi permanen.

Warga sekitar Maryono mengatakan, letak JPO berubah semenjak pelebaran jalan.

"Awalnya tidak di tengah jalan. Ini kan karena ada LRT," kata Maryono kepada Liputan6.com, Sabtu (16/11/2019).

 

Kurang Elok

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) terletak di tengah Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Maryono menilai JPO kurang elok dipandang. Selain itu, posisinya sangat membahayakan pengguna jalan.

"Kurang bagus. Sebaiknya dipindahkan saja," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Bupati Majalengka Penembak Kontraktor Terancam Penjara 20 Tahun

Posted: 15 Nov 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tersangka INA yang merupakan anak Bupati Majalengka, Jawa Barat Karna Sobahi terancam 20 tahun penjara atas aksi penembakan dilakukan kepada seorang kontraktor.

"Ancaman hukuman (untuk tersangka INA) 20 tahun penjara," kata Kapolres Majalengka AKBP Mariyono di Majalengka, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (16/11/2019).

Ancaman hukuman tersebut kata Mariyono, dikarenakan anak Bupati Majalengka tersebut melanggar Pasal 170 jo Undang-Undang Darurat Pasal 1 ayat 1 tahun 1951 tentang penyalahgunaan senjata api.

"Yang bersangkutan secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 170 Jo UU darurat Pasal 1 ayat 1 tahun 1951," ujarnya.

Barang bukti yang disita dari tersangka INA, lanjut Mariyono yaitu satu pucuk senjata api pistol kaliber 9 mili, enam butir peluru karet yang tersisa, buku kepemilikan senjata dan kartu pas.

Selain itu barang bukti lainnya yaitu hasil visum dari korban yang telah diserahkan kepada pihaknya.

 

Sudah Ditahan

Mariyono menambahkan pada Sabtu (16/11/2019) jam 00.10 tersangka telah resmi ditahan dan saat ini sudah berada di ruang tahanan.

"Kita laksanakan pemeriksaan tersangka dan pada (Sabtu 16/11/2019) pukul 00.10 WIB tersangka resmi kita tahan di rutan Mapolres Majalengka," katanya.

Mariyono mengatakan penahanan yang dilakukan itu setelah tersangka INA memenuhi panggilan dan dimintai keterangan oleh penyidik pada hari Jumat (15/11/2019).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia-Malaysia Segera Akhiri Polemik Batas Pulau Sebatik

Posted: 15 Nov 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polemik menahun batas negara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akan menuju titik terang.

Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial (BIG) Ade Komara Mulyana mengatakan Indonesia dan Malaysia akan menyepakati penyelesaian Outstanding Boundary Problem (OBP) di Pulau Sebatik pada tahun depan.

"Mudahan tahun depan akan kita tanda tangani MOUnya Pulau Sebatik," kata Ade dalam diskusi 'Apakabar Perbatasan Indonesia dan Malaysia' di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Sabtu (16/11/2019).

Ade menjelaskan Indonesia dan Malaysia sudah menyepakati hal tersebut secara teknis. Pilar berbatas yang dibangun Inggris- Belanda nantinya akan diganti.

"Pilar-pilar baru ini akan jadi perbatasan Indonesia - Malaysia di Pulau Sebatik. Pilar ini dibangun Indonesia oleh Tim Direktorat Topografi Angkatan Darat," kata Ade.

 

Sedang Dilakukan Pengukuran Koordinat

Kemudian kata dia pengukurannya kordinatnya GPS pun saat ini sedang berlangsung. Dan nantinya dalam waktu dekat pilar tersebut akan dihancurkan.

"Supaya tidak membingungkan nanti dalam waktu dekat pilar lama akan dihancurkan," ungkap Ade.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri Rokok Tolak Rencana Revisi PP 109/2012

Posted: 15 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Perusahaan Rokok Malang (Gaperoma) menegaskan menolak rencana revisi PP 109/102. Gaperoma mengaku tidak mendapatkan informasi secara resmi dari Kementerian Kesehatan sebagai pemrakarsa terkait proses revisi PP 109/2012.

"Jika usulan yang diajukan dalam revisi PP 109/2012 diterapkan, pasti kian mengancam keberlangsungan Industri Hasil Tembakau (IHT) Indonesia. Ini terjadi karena tidak adanya keterbukaan dari Kemenkes sebagai perwakilan pemerintah yang tidak membuka pintu diskusi ataupun mempertimbangkan pandangan para pelaku industri," ujar Sulami Bahar Ketua Umum Gaperoma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (15/11/2019).

Seperti kita ketahui, lanjut dia, beberapa tahun terakhir IHT mengalami penurunan signifikan karena berbagai tekanan, termasuk kenaikan cukai yang sangat tinggi. Revisi PP 109/2012 akan memperburuk kondisi tersebut. Akibatnya, jutaan orang yang berada pada mata rantai industri ini terancam kehilangan mata pencaharian.

Sulami menambahkan, Gaperoma keberatan atas usulan revisi Kemenkes seperti memperbesar Graphic Health Warning (GWH) dan pelarangan bahan tambahan yang dianggap oleh sebagian pihak dapat menjawab permasalahan tingkat prevalensi perokok.

Gaperoma menilai, pengendalian perokok di bawah umur baiknya dengan cara berperan aktif dalam memberikan edukasi risiko rokok sekaligus pencegahan akses penjualan rokok kepada anak.

"Ini mestinya jadi perhatian Pemerintah untuk bertindak. Yang terjadi saat ini, Pemerintah khususnya Kemenkes memojokkan dan menyalahkan industri dengan menetapkan peraturan-peraturan yang kian eksesif, namun tidak menyentuh permasalahan utama yang terjadi," kata Sulami.

Menurut Sulami, IHT sepenuhnya terbuka dan bersedia mendukung pemerintah dalam pengendalian konsumsi rokok untuk menekan prevalensi konsumen di bawah umur.

"Industri tembakau adalah industri legal yang menjadi sumber mata pencaharian lebih dari 6,1 juta masyarakat Indonesia. Dengan kondisi yang semakin menurun, sudah semestinya Pemerintah memberi perlindungan dalam hal kepastian usaha, dan tidak menetapkan berbagai peraturan eksesif yang selalu berubah-ubah yang tentunya juga berimpak negatif terhadap iklim investasi nasional sebagaimana yang selalu dipromosikan oleh presiden," jelas Sulami.

 

Sikap Kemenperin

Ilustrasi Industri Rokok

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menolak rencana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi kesehatan. Perihal yang diatur dalam PP 109/2012 saat ini dinilai sudah cukup untuk mengendalikan konsumsi rokok di masyarakat.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Abdul Rochim menjelaskan, saat ini yang diperlukan adalah pengawasan dan penegakan hukum atas peraturan pemerintah tersebut.

"Kemenperin memandang revisi PP Nomor 109/2012 belum diperlukan karena sejak aturan tersebut diberlakukan produksi rokok turun dari 348 miliar batang pada tahun 2015 menjadi 332 miliar batang pada tahun 2018," kata Rochim di Jakarta.

Sebelumnya tiga asosiasi di antaranya Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo), Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI), dan Forum Masyarakat Industri Rokok Seluruh Indonesia (Formasi) secara terbuka menyatakan penolakannya terhadap revisi PP 109/2012 dan menganggap kebijakan tersebut cacat hukum jika dilaksanakan, dan menganggap rencana perubahan terkesan tergesa-gesa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Ngakak Motif Baju Mirip Benda di Sekitar

Posted: 15 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Motif baju yang beragam membuat orang memiliki banyak pilihan dalam bergaya. Beberapa orang suka menyesuaikan pakaian mereka dengan karakter mereka.

Lucunya, terkadang tanpa disadari motif baju yang dikenakan memiliki kemiripan dengan benda di sekitar. Hal ini tentunya membuat orang-orang di sekitar merasa lucu dengan apa yang terjadi.

Tak percaya? Berikut beberapa contohnya seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Hm, jadi pengin ngelap meja

Doc: Instagram.com

2. Kalau ini mirip kasur ga sih?

Doc: Instagram.com

3. Waduh Mbak, mirip banget dengan taplak mejanya

Doc: Instagram.com

4. Hayo, tebak yang mana yang manusia?

Doc: Instagram.com

5. Masnya sadar ga, ya?

Doc: Instagram.com

6. Malah bangga mirip dengan sofa

Doc: Instagram.com

7. Awas diinjak orang lho, Bu

Doc: Instagram.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Drama Korea Legend of The Blue Sea yang Dibintangi oleh Lee Min Ho Hanya Di Vidio

Posted: 15 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Legend of The Blue Sea merupakan serial drama Korea yang dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Lee Min Ho yang beradu akting dengan aktris cantik Jun Ji Hyun. Lee Min Ho dipercaya memerankan karakter sebagai Kim Dam-Ryeong, dan Jun Ji Hyun sebagai Shim Cheong.

Drama Korea ini bergenre komedi romantis yang dibalut dengan kisah percintaan yang akan membuat para penonton baper.

Drama ini menceritakan tentang seorang nelayan yang bertemu dengan putri duyung terakhir di dunia. Singkat cerita mereka jatuh cinta, tetapi pada suatu hari Dam-Ryeong dipaksa oleh keluarganya untuk menikahi gadis lain.

Penasaran seperti apa aksi Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun di drama Korea Legend of The Blue Sea? Yuk, langsung saja tonton di Vidio Premier.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris: Manchester City Vs Chelsea

Posted: 15 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City bakal menghadapi Chelsea pada pekan ke-13 Liga Inggris 2019/20, Minggu (24/11/2019) WIB. The Citizens wajib menang jika tak ingin semakin tertinggal dari Liverpool.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola pastinya bakal menyiapkan taktik terbaik demi meraih tiga poin. Apalagi, laga juga akan berlangsung di markas sendiri, Etihad Stadium.

Namun demikian, menaklukkan Chelsea jelas bukan perkara mudah. The Blues datang ke Etihad dengan kepercayaan diri tinggi.

Chelsea sukses menyapu bersih lima laga di Liga Inggris dengan kemenangan. Terkini, pasukan Frank Lampard menjinakkan Crystal Palace 2-0.

Kedua tim hanya terpaut satu poin di tabel klasemen. Chelsea mengoleksi 26 poin dan duduk di peringkat ketiga, sementara Man City di peringkat keempat.

Selain laga Manchester City vs Chelsea, masih ada beberapa laga lain yang tak kalah seru. Berikut jadwal Liga Inggris selengkapnya.

 

 

Jadwal Liga Inggris

Manchester City vs Chelsea  (AP Photo/Tim Ireland)

Sabtu 23 November 2019

19.30 WIB, West Ham United vs Tottenham Hotspur

22.00 WIB, AFC Bournemouth vs Wolverhampton

22.00 WIB, Arsenal vs Southampton

22.00 WIB, Brighton Albion vs Leicester City

22.00 WIB, Crystal Palace vs Liverpool

22.00 WIB, Everton vs Norwich City

22.00 WIB, Watford vs Burnley

Jadwal Liga Inggris

Minggu 24 November 2019

00.30 WIB, Manchester City vs Chelsea

23.30 WIB, Sheffield United vs Manchester United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Seru Memacu Kreativitas Milenial di Generasi #BisaBanget Playspace

Posted: 15 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mempertahankan gelora berkarya dan kreativitas memang bukan perkara mudah. Pada momen-momen ini, mereka termasuk para kaum milenial, tentunya membutuhkan 'suntikan' spirit dan dorongan dari beragam hal untuk tiada henti dapat mengeksplorasi potensi dalam diri.

Salah satu di antaranya hadir dalam bertajuk Generasi #BisaBanget Playspace. Event persembahan Nestle Bear Brand ini mengajak anak-anak muda jadi bagian dari Generasi #BisaBanget dalam gelaran yang berlangsung di The Space Area, Senayan City, Jakarta mulai 15--24 November 2019 dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Preskon Generasi #BisaBanget Playspace (Liputan6.com/Putu Elmira)

Marketing Manager Ready-to-Drink Dairy Nestle Indonesia, Ahmad Afid menyebut Generasi #BisaBanget Playspace hadir untuk mendorong dan memotivasi pada para milenial. Mengingat, mereka adalah generasi yang sanggup melakukan banyak hal juga terus berjuang dan lewat event ini pula turut memberi stimulasi inspirasi positif agar tetap di arah yang juga positif.

Generasi #BisaBanget Playspace terdiri atas dua bagian utama yakni #BisaBanget Inspiration Room yang berkolaborasi dengan Haluu dan #BisaBanget Inspiration Classes. Bukan tanpa alasan pihak Bear Brand akhirnya menyuguhkan kedua bagian ini.

"Kita harus being adaptive, misalnya apa yang disampaikan bagus tapi cara menyampaikannya nggak relatable buat mereka (milenial) jadinya message nggak sampai. Salah satu cara paling efektif menurut kita menyampaikan message positif melalui medium yang relatable," kata Ahmad Afid kepada Liputan6.com, Kamis, 14 November 2019 di The Space, Senayan City.

Afid menambahkan, anak-anak muda menginginkan konten tidak hanya dalam bentuk foto, tetapi inspirasi positif maka dari itu dihadirkan pula Instagrammable room. Di sisi lain, ada pula poin penting yang disoroti pihak penyelenggara.

"Di saat yang bersamaan, mereka juga butuh konten sharing, jadi dibikin Inspiration Classes. Dua medium ini adalah cara yang efektif untuk berbicara pada mereka," demikian lanjut Afid.

Ada total tujuh ruangan di Inspiration Room, pertama adalah Goals atau If Not Now, Then When?, di mana segala hal harus dimulai dengan tujuan dan kembali mengingat goals ingin menjadi apa.

"Room kedua talking about you have to start now. Walaupun banyak alasan untuk tidak mulai sekarang seperti malas, ngantuk, nggak pede," tambahnya.

Inspiration Room

Berlanjut pada room ketiga yaitu Work Life. "Ketiga adalah ketika sudah menjalani pekerjaan, which is kenapa dibentuk labirin karena di pekerjaan banyak lika-liku yang menantang. Yang penting adalah you have to stay dedicated, ingat apa tujuan di depan dan conquer it," tambahnya.

Masih memiliki korelasi dengan kehidupan sehari-hari lainnya adalah di room keempat yaitu Illness atau Pause and Reset. Pesan dari room ini adalah ketika bekerja, penting mengapresiasi waktu rehat untuk memastikan tidak terlalu menekan diri.

"Harus rileks misalnya sakit jangan dipaksa, lelah jangan dilanjutkan dulu, it's ok to take break dan kadang jatuh sakit harus pemulihan dulu, part buat moving forward," jelasnya.

Kemudian ada travel yang kini menjadi hobi banyak milenial. Pada room ini ditekankan bahwa penting memberi arti para perjalanan dan mempelajari sesuatu dari traveling.

"Kadang kita bisa dapat inspirasi bisnis baru saat ke kota mana, apa kesempatan untuk create something atau membantu society yang ada di destinasi travel," jelas Afid.

Inspiration Room dan Talkshow

Ada pula room keenam yakni Weather Changes. "Jangan punya mindset yang blaming condition, blaming others itu cerita yang pengen kita build. Jadi, memang control what you can control. There are changes yang misalnya memang di luar kendali kita jangan blame itu lebih baik kita fokus untuk dapatkan yang kita tuju," ungkapnya.

Setelah itu, pengunjung akan sampai pada room terakhir yakni After Worklife. Pesan yang ingin disampaikan lewat room ini adalah jangan lupa untuk bersenang-senang lewat suatu perayaan.

"Don't forget to celebrate. Celebrate nggak harus party, tapi bisa banyak hal. bisa rayakan dengan keluarga, teman-teman, dengan diri sendiri. Yang paling penting, ketika sudah achive something, jangan lupa buat celebrate juga karena itu akan fulling for another achievement," kata Afid.

Sementara, sesi talkshow menghadirkan banyak anak muda inspiratif, mulai dari konten kreator Nadia Soekarno dan Jeje Soekarno, founder Setali Indonesia Intan Anggita, atlet jet-ski Aqsa Aswar, dan banyak lainnya. Mereka akan berbagi pengetahuan, pengalaman dan tips.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Rambut 7 Seleb Indonesia Ini Tak Biasa, Bikin Geleng Kepala

Posted: 15 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang selebritis tentu saja sering mendapat sorotan dari masyarakat. Hal ini pula yang membuat para selebritis harus memperhatikan penampilan mereka saaat tampil di depan umum.

Tak sedikit pula, para selebritis Tanah Air ini memberikan usaha lebih untuk penampilan mereka, terutama saat berada di atas panggung. Salah satu yang sering jadi sorotan selain gaya busana, ialah gaya tatanan rambut para selebritis.

Ada pula beberapa gaya rambut selebritis yang jadi ikonik dan cukup diingat oleh masyarakat, salah satunya ialah Syahrini. Namun, bukan hanya Syahrini saja yang pernah membuat sebuah terobosan gaya rambut ikonik. Beberapa selebriti lainnya juga pernah melakukan hal yang sama.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (16/11/2019) berikut ini beberapa potret selebritis dengan gaya rambut yang cukup unik.

1. Syahrini memang dikenal dengan penampilannya yang unik. Bahkan gaya rambutnya ini sempat ditiru beberapa selebriti lain.

Gaya rambut Seleb (Sumber: Instagram/princessyahrini )

2. Rina Nose pernah menirukan gaya rambut Syahrini ini pada saat manggung bareng loh.

Gaya rambut Seleb (Sumber: Instagram/ rinanose16)

3. Saat acara Halloween beberapa waktu lalu, Sheryl Sheinafia juga pernah berpenampilan mirip Syahrini. Bahkan pakaian yang dikenakan juga dibuat mirip.

Gaya rambut Seleb (Sumber: Instagram/ sherylsheinafia)

4. Pedangdut Dewi Perssik rupanya pernah juga mengenakan gaya rambut yang menjulang ke atas saat menjadi komentator di ajang pencarian bakat loh.

Gaya rambut Seleb (Sumber: Instagram/ dewiperssikreal)

5. Rupanya, Ayu Ting Ting juga pernah melakukan hal yang sama.

Gaya rambut Seleb (Sumber:Kapanlagi.com)

6. Tak ketinggalan Mulan Jameela yang dulu masih aktif bernyanyi juga punya gaya unik.

Gaya rambut Seleb (Sumber:Kapanlagi.com)

7.Penampilan Soimah ini juga bisa dibilang cukup nyentrik dengan gaya rambut yang unik.

Gaya rambut Seleb (Sumber: Instagram/ showimah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahsan / Hendra Melaju ke Final Hong Kong Open 2019 Usai Bungkam Ganda Tiongkok

Posted: 15 Nov 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong - Pasangan Indonesia Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan harus berjuang keras menaklukkan ganda Tiongkok Li Jun Hui / Liu Yu Chen di semifinal Hong Kong Open 2019. Bertanding di Hong Kong Coliseum, Sabtu siang WIB (16/11/2019), ganda putra Indonesia menang rubber set.

Seperti sudah diprediksi laga berat akan dijalani pasangan Ahsan / saat bertemu Li Jun Hui / Liu Yu Chen di semifinal Hong Kong Open 2019. Karenanya, pertarungan kedua pasangan ini berjalan ketat sejak game pertama.

Ahsan / Hendra sempat melejit hingga skor 7-11. Bahkan ganda putra Indonesia itu langsung memimpin 15-8.

Namun, upaya Ahsan / Hendra sempat tertahan di angka 17. Meski begitu keduanya mampu mengatasi perlawanan pasangan Tiongkok hingga 19-12 sebelum akhirnya menutup game ini dengan skor 21-13.

Di game kedua persaingan sengit kembali terjadi. Sempat unggul 13-10, pasangan Tiongkok malah balik unggul 16-14. Ahsan / Hendra bahkan sempat kewalahan hingga harus menyerah dengan skor 16-21.

Di game ketiga Li Jun Hui / Liu Yu Chen sempat unggul 11-8. Tapi, Ahasan / Hendra kembali mampu menguasai permainan dan menyamakan skor 14-14.

Sempat tertinggal kalah 15-16, pasangan Indonesia balik memimpin 20-16. Namun, dengan upaya keras Ahsan / Hendra akhir memenangkan game penentuan ini dengan skor 21-16. Pasangan ini pun sukses melaju ke final Hong Kong Open 2019.

Catatan Ahsan / Hendra

Ganda putra Indonesia Hendra Setiawal / Mohammad Ahsan lolos ke final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di Basel, Swiss. Hendra / Ahsan mengalahkan Fajar Alfian / Muhammad Rian Adrianto di semifina. (foto: PBSI)

Dengan kemenangan ini , Ahsan / Hendra berhasil menembus final ke-9 mereka dalam BWF World Tour 2019. Pada tahun ini, mereka sudah delapan kali lolos ke final, lima di antaranya bertemu rekan sendiri, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Ahsan / Hendra telah memenangi tiga gelar, yakni Singapura Terbuka, All England, dan Selandia Baru Terbuka.

Tekuk Pasangan Denmark

Sebelumnya, di babak perempat final, pasangan Ahsan / Hendra mampu mengandaskan perlawanan dari ganda putra asal Denmark, Mathias Boe/Mads-Conrad Petersen.

Ahsan / Hendra mengalahkan Mathias Boe/Mad-Conrad Petersen lewat dua set langsung dengan skor 21-11 dan 21-11.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tembus Jantung Pertahanan, Serangan Teroris Dinilai Jadi Warning bagi Negara

Posted: 15 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Serangan teroris ke Mapolrestabes Medan terjadi pada Rabu 13 November 2019. Serangan itu disebut sebagai lone wolf atau pelaku melakukannya sendiri.

Menurut Pengamat Gerakan Islam/UIN Jakarta, M Zaki, para teroris belajar otodidak dan mengalami proses radikalisasi secara personal. Secara organisasi mereka tidak masuk dalam kelompok jihadis.

"Beberapa pelaku yang melakukan serangan terhadap polisi yang Tanggerang, di Polsek Wonokromo itu secara struktural tidak terkoneksi dengan jihadis maupun perkumpulan jihadis di Tanah Air," ujar Zaki di diskusi Perspektif Indonesia, Sirih Merah, Kebon Sirih, Jakarta, Sabtu (16/11/2019).

Zaki mengatakan mereka mengalami proses radikalisasi secara personal baik itu belajar dari Youtube atau Facebook dan sebagainya. Keterampilannya pun berbeda jauh dengan meraka yang belajar ke Afganistan dan Filipina dalam merancang bom ataupun strategi dalam melakukan aksi teror.

"Sekarang itu skalanya kecil, bomnya dirakit ala kadarnya karena sumber daya yang dimiliki mulai merosot secara signifikan, sebagian yang punya skill sudah pergi jihad atau sedang dipenjara, tersisa adalah yang tidak memiliki keterampilan dan kapasitas sangat lemah sekali," kata Zaki.

Namun Zaki mengatakan bila teroris beraksi sendiri saja bisa menembus jantung pertahanan kepolisian ini merupakan warning bagi keamanan di negara Indonesia.

"Nah kalau yang level KW saja bisa memasuki jantung pertahanan dari institusi keamanan dan menewaskan beberapa polisi, maka saya kira yaitu sedang menjadi alarm bahwa mereka sendiri ternyata belajar tentang strategi-strategi itu," sambungnya.

 

Tersisa Kelompok Kecil

Zaki menambahkan yang terjadi dari tahun 2014 sampai 2016 Jihadis-jihadis di Indonesia yang terampil yang ideologinya kuat lebih dari 700 berangkat ke Suriah, jadi yang tersisa di Indonesia kini adalah nonstruktural atau kelompok kecil.

"Mereka yang berangkat ke Suriah hampir semuanya mati yang tergabung dalam ISIS, yang tersisa adalah jihadis yang skillnya kurang, sumber daya sangat kecil, karena yang punya keterampilan tinggi dan ideologi kuat itu kalau enggak ada di suriah itu ada di penjara," tutup Zaki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-22 Vs Iran, Siaran Langsung di Televisi

Posted: 15 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 akan melakoni laga kedua melawan Iran di laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (13/11/2019).  Tim asuhan Indra Sjafri ini akan mencoba untuk meraih hasil lebih baik pada laga yang berlangsung di stadion Pakansari tersebut.

Pada laga uji coba perdana pasukan asuhan Indra Sjafri sebenarnya sempat memimpin namun akhirnya disamakan. Namun mereka harus puas imbang 1-1.

Dengan trio Evan Dimas, Syahrian Abimanyu, dan Luthfi Kamal Baharsyah di lini tengah, Timnas Indonesia U-22 sebenarnya memulai pertandingan dengan irama yang cukup baik. Hanya sayang memang, pertandingan harus berakhir imbang.

Pasukan Tim Merah-Putih punya kesempatan kedua bersua Iran. Sejumlah perbaikan perlu dilakukan agar hasil pertandingan bisa lebih baik.

Timnas Indonesia U-22 yang dilatih Indra Sjafri adalah pasukan yang disiapkan untuk tampil di SEA Games 2019. Maka itu, laga uji coba ini pun menjadi penting artinya.

Hanya 20 pemain yang bisa didaftarkan ke panitia SEA Games 2019 dan dua pemain di antaranya boleh berusia di atas 22 tahun. Satu nama pemain senior yang masih tanda tanya adalah Alberto Goncalves, dimana pemain Madura United itu masih dibekap oleh cedera hamstring. Tinggal tersisa Evan Dimas dan Zulfiandi.

Laga Timnas Indonesia U-22 melawan Iran bakal disiarkan secara langsung di stasiun televisi RCTI. Simak jadwal lengkapnya di bawah ini:

Jadwal Siaran Langsung

Timnas Indonesia U-22 Vs Timnas Iran U-23 (Bola.com/Adreanus Titus)

Sabtu, 16 November 2019

16.30 WIB, Timnas U-23 vs Iran

Stadion Pakansari, Bogor

Live: RCTI

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terios 7 Wonders Siap Jelajah Wisata Eksotis Indonesia Tahun Depan

Posted: 15 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Kolaka - Setelah menyambangi tiga wilayah indah Indonesia, penjelajahan Terios 7 Wonders edisi tahun ini berakhir di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Hal ini tentu bukanlah ujung perjalanan low sport utility vehicle (LSUV) Daihatsu menjelajahi keelokan Indonesia dari dekat.

Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku pihaknya memiliki rencana untuk kembali menggelar acara yang rutin digelar setiap tahun sejak satu windu silam.

"Ini sebagai pembuktian Terios dan sekaligus untuk mempromosikan wisata yang ada di Indonesia, karena ini kan sudah 8 tahun, jadi menurut saya enggak perlu diomongin orang sudah bisa merasakan," kata Amel.

Saat disinggung adakah pengaruh perjalanan Terios 7 Wonders terhadap penjualan Daihatsu di Indonesia, Amel mengaku memiliki pengaruh meski tujuan aktivitas ini bukanlah dari sisi sales.

"Kita enggak pernah mengukur secara langsung pengaruh terhadap penjualan. Tapi secara enggak langsung saya yakin pasti ada. Waktu kita adakan di kota Kendari, penjualan Daihatsu di sana katanya setelah event kami Terios menjadi lebih dikenal," ujarnya.

Meski demikian, perusahaan otomotif asal Jepang tersebut mengaku tidak mengetahui apakah perjalanan terakhir yang dilakukan tahun ini apakah mampu memberikan pengaruh nyata dari sisi penjualan.

"Di tempat ini kita enggak tahu hasilnya bagaimana, paling tidak pemda melihat kita membantu (mempopulerkan wisata), kalaupun pemda mau beli (Terios) ya silakan, tidak beli juga tidak apa-apa," tutur Amel.

Siap Sambangi Wilayah Eksotis Lainnya

Khusus perjalanan tahun depan, Amel mengaku belum mengetahui wilayah mana yang akan disambangi Terios 7 Wonders. Namun, ia mengaku siap menyambangi lokasi wisata indah yang belum terjamah di Indonesia.

"Kita mau jelajah wisata-wisata tidak mainstream yang sebenarnya indah tapi belum populer," tutur Amel.

Untuk tahun ini, Terios 7 Wonders telah menjelajahi Bengkulu dengan menggunakan tema 'Jelajah Bumi Rafflesia', dilanjutkan wilayah Pontianak dan Sarawak, Malaysia bertajuk 'Exotic Borneo Exploration' serta 'Magical Kolaka Adventure' di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Jokowi Pada La Lembah Manah, Cucunya yang Baru Lahir

Posted: 15 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta La Lembah Manah, cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja lahir di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta, Jumat, 15 November 2019. Jokowi pun mengungkapkan perasaan senang dan bangganya atas kelahiran cucu ketiganya tersebut.

"Dengan perasaan senang dan bangga, saya menyampaikan kelahiran cucu saya, cucu ketiga: La Lembah Manah pada hari Jumat, 15 November 2019 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta," tulis Jokowi dalam akun instagramnya, Sabtu (16/11/2019).

Jokowi pun memiliki harapan sendiri bagi La Lambah Manah. Jokowi berharap La Lembah Manah tumbuh menjadi anak yang baik, sehat dan berbakti.

"Semoga kelak tumbuh menjadi anak yang baik, sehat dan berbakti," tulis Jokowi.

Presiden merasa bersyukur karena seluruh prosesnya berjalan lancar dan semuanya dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah nggih, sehat semuanya, sehat semuanya," kata Presiden saat memberikan keterangan kepada para jurnalis di RS PKU.

Dalam foto yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat foto bersama dengan keluarga. Sambil menggendong Jan Ethes, Ia berdiri di samping cucu ketiganya, La Lembah Manah.

La Lembah Manah tampak tertidur di boks bayi. Ia dibedong dengan kain abu-abu dengan penutup kepala berwarna pink.

 

Operasi Cesar

Presiden Jokowi menjenguk cucu ketiganya, La Lembah Manah, di RS PKU Muhammadiyah. (Biro Pers Kepresidenan)

Dalam keterangan kepada awak media sebelumnya, Gibran mengatakan La Lembah Manah lahir dengan berat badan 2,92 kilogram dan panjang 46,5 centimeter pada pukul 15.46 WIB melalui operasi caesar. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dokter yang telah membantu istrinya melahirkan dengan lancar.

"Saya berterima kasih sekali kepada semua tim dari PKU dan juga kita ini didampingi oleh Pak Menteri (Menteri Kesehatan Terawan Putranto). Terima kasih semua," kata Gibran.

Ibu Iriana yang sejak pagi turut mendampingi sang menantu Selvi mengatakan ikut merasa berdebar selama menunggu kelahiran cucu ketiganya. Hal yang sama Ibu Iriana rasakan ketika menanti kelahiran Jan Ethes Srinarendra.

"Masih deg-degan karena nunggu operasinya sama ibunya Selvi sampai tegang, tapi setelah lahir plong. Sama tegangnya (dengan saat Ethes dilahirkan)," kata Ibu Iriana.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakek Cabul Menjerat Bocah Tetangga

Posted: 15 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Garut Makin tua makin menjadi, demikian ungkapan yang tepat disematkan bagi D, (74) kakek tua asal Garut, Jawa Barat yang satu ini. Bukannya semakin insyaf beribadah, malah nekat mencabuli mawar (nama samaran) bocah enam tahun, tetangganya sendiri.

"Pelakunya sudah kami tangkap," ujar Kasat Reskrim Polres Garut AKP Maradona Armin Mappaseng, Jumat (15/11/2019).

Menurutnya, aksi kakek D terungkap berkat laporan orang tua korban yang tidak terima anaknya mendapatkan perlakukan tidak senonoh dari kakek renta itu. Dalam keterangan orang tua di depan penyidik, aksi bejat D dilakukan Jumat (8/11) lalu di rumahnya yang berada di kawasan Kampung Cangkudu, Desa Cibiuk Kidul, Kecamatan Cibiuk.

Awalnya pelaku hanya bercanda gurau dengan korban, namun lama kelamaan, muncul niatan jahat dari pelaku, hingga melakukan pencabulan.

"Jadi tersangka ini mencabuli karena menyukai korban," ujar dia.

Setelah kejadian itu, korban kemudian melaporkan kejadian nahas yang baru dialaminya kepada orang tuanya. Mereka langsung melapor.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Tersangka D ditangkap. Kasus pencabulan itu, ditangani oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Garut, dengan ancaman 5 tahun penjara.

"Tersangka kami jerat dengan pasal 76E Juntco Pasal 82 Undang-undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak," kata dia.

Simak video pilihan berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmikan Tol Terpanjang, Jokowi Harap Arus Logistik Semakin Lancar

Posted: 15 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera pada Jumat (15/11/2019) kemarin.

Dengan diresmikannya ruas tol ini, maka panjang tol yang beroperasi sejak 2015 di Trans Sumatera menjadi 469 km.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera sepanjang 2.974 Km dari Lampung hingga Aceh yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2024.

"Dengan semakin bertambahnya ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang diresmikan maka mobilitas orang, barang/logistik, dan jasa akan semakin baik yang akan berpengaruh pada peningkatan indeks daya saing bangsa. Kita ingin kecepatan dalam jaringan logistik, jika sebelumnya dari Palembang ke Lampung sekitar 10 jam, dengan jalan tol sekarang bisa 3 jam. Itu yg namanya efisiensi," tuturnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/11/2019).

Dia menambahkan, kehadiran jalan tol tersebut juga akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan memfasilitasi sentra produksi dengan membangun keterkaitan antara pusat produksi (kawasan industri, pertambangan, perkebunan, pariwisata) dengan outlet-outlet (pelabuhan/bandara) di Pulau Sumatera sehingga mendorong pengembangan wilayah.

"Yang terpenting pembangunan jalan tol menciptakan lapangan kerja. Jalan tol sepanjang ini tidak mungkin semua dikerjakan oleh mesin, pasti butuh tenaga kerja. Selanjutnya juga berkaitan dengan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan jalan tol di Sumatera menjadi bukti bahwa jalan tol bukan hanya di Pulau Jawa saja," serunya.

 

Tol Terpanjang yang Jokowi Resmikan

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Menurut Jokowi, Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung merupakan ruas terpanjang yang pernah diresmikannya. "Hal tersebut juga mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diserahkan kepada Dirut PT Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo," sambungnya.

Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung merupakan lanjutan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 Km yang sudah beroperasi penuh sejak Maret 2019 lalu. Konstruksi ruas tol ini telah dikerjakan sejak pertengahan 2017 dengan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun.

Pembangunan ruas Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang sepanjang 112 km dengan beberapa dukungan konstruksi dari beberapa BUMN Karya seperti PT Jasamarga Semarang Batang (25 km), Waskita Bumi Kira (25 km), Citra Karya Jabar Tol (6 km), Jasamarga Japek Selatan (15 km), dan Jasamarga Jalan Layang Cikampek (12 km). Sementara sisanya merupakan merupakan penugasan Pemerintah kepada BUMN PT Hutama Karya.

Sedangkan pada Seksi II ruas Pematang Panggang–Kayu Agung sepanjang 78 km, pembangunannya dilakukan oleh PT Hutama Karya sepanjang 77,17 km dan sisanya merupakan dukungan dari Waskita Sriwijaya Tol sepanjang 2,4 km yang merupakan jalan akses.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyampaikan, keberadaan ruas tol ini akan mendukung pengembangan Kawasan Indralaya Midtown, Waterfront City Bakauheni, dan Pelabuhan Panjang di Lampung serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api Api di Kabupaten Banyu Asin.

"Salah satu yang cukup menarik pada ruas ini adalah inovasi pembiayaan dimana masing-masing segmen disupport dari pembangunan jalan tol yang ada di Pulau Jawa yang tingkat pengembalian investasinya tinggi, sehingga menjadi subsidi silang ke ruas jalan tol ini," ujar Danang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Kunci Sukses Menyusui dari Pakar Laktasi

Posted: 15 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Semua ibu tentu mengharapkan agar bisa dan sukses menyusui. Namun, tidak jarang ibu mengalami banyak 'drama' saat pemberian ASI. 

Konselor laktasi dokter Ameetha Drupadi berbagi tips agar ibu bisa lebih percaya diri dalam menyusui si buah hati. Selain produksi ASI baik, menyusui yang tepat juga berperan positif pada ikatan antara ibu dan bayi.

Berikut tiga poin utama yang disampaikan Ameetha:

Posisi yang nyaman dan tepat

Ameetha menyarankan untuk mencari posisi senyaman mungkin sebelum mulai menyusui. Bisa duduk ataupun sedikit berbaring.

"Kemudian bayi berpelukan sama ibu. Jadim bayi menghadap ibu. Kemudian tangannya ini ngerangkul. Tangannya ngerangkul ke ibu. Sehingga ketika menyusui tidak dibedong. Supaya bayi bisa merangkul," kata Ameetha.

Setelah dada bayi dan ibu sudah berhadapan, dekatkanlah ke areola. Areola boleh sedikit dicubit, lalu dekatkan ke mulut bayi.

"Ketika mulutnya udah mangap lebar, masukkan sebagian besar areolanya. Masukkan lalu dipeluk. Jadi perlekatannya maksimal, sampai di areolanya. Semuanya, tidak hanya putingnya saja," kata dokter itu.

 

Bukan Cuma Puting, Areola Juga

Ilustrasi ibu menyusui (iStockphoto)

Seperti disampaikan di poin sebelumnya, areola merupakan bagian penting yang harus masuk ke mulut bayi saat ia menyusu. Sebab kelenjar ASI berada di dalam payudara dan bukan di ujung puting.

Areola perlu dipijat oleh lidah bayi sehinga aliran ASI deras dan lancar. Bila bayi hanya  menyedot di puting, kantung ASI tidak akan terpijat dan bayi harus menyedot sekeras mungkin saat menyusu pada ibu.

"Yang ada malah lecet dan jadi lama," kata Ameetha.

Umumnya bayi akan menyusu sekitar 10-20 menit. Kemudian setelah kenyang, bayi akan melepaskan payudara dan bahkan tertidur.

"Dalam satu hari, jumlah pipisnya atau urinenya, itu bisa lebih dari enam kali. Itu tanda bayinya kenyang, ASI nya cukup. Dan dalam per bulannya, berat badannya naik sesuai standar," kata Ameetha.

 

Hindari Stres

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ subin pumsom

Stres umumnya akan dialami oleh ibu yang baru melahirkan karena mengalami perubahan pola aktivitas dan hormon. Merasa mendapat beban yang baru juga merupakan hal yang wajar. Namun, hal itu ternyata bisa mengganggu produksi ASI untuk bayi.

"Produksi ASI dan juga pengeluaran ASI itu dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Di mana hormon oksitosin itu adalah hormon cinta atau hormon happy. Sehingga ketika menyusui, diusahakan ibu selalu happy, atau penuh cinta supaya ASI banyak," kata Ameetha.

Perasaan stres, sedih atau marah-marah justru akan menekan hormon oksitosin dan menyebabkan ASI untuk menjadi tidak lancar. Sehingga disarankan bagi ibu untuk mendapat support system yang tepat.

Jadi, jangan terlalu banyak menaruh tekanan pada diri sendiri. Percayalah diri sendiri, bahwa pasti bisa melakukan yang terbaik bagi bayi.

 

Penulis : Selma Vandika

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Tersangka Kasus Sekolah Ambruk Tak Punya Keahlian Konstruksi

Posted: 15 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus ambruknya atap kelas di SDN Genton Pasuruan, Jawa Timur menyita perhatian. Polisi baru menetapkan dua tersangka kasus ambruknya atap kelas SDN Gentong Pasuruan.

Tersangka tersebut berasal dari kontraktor yang menggarap bangunan di sekolah tersebut. Pada pekan ini, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) menjelaskan mengenai dua tersangka tersebut.Dua tersangka berinisial DM dan SE tersebut ternyata tidak memiliki basis pengetahuan khusus di bidang kontruksi.

Tersangka DM merupakan kontraktor dan pelaksana proyek dari CV Andalus hanya lulusan SMA. Sedangkan tersangka SE yang merupakan mandor proyek dari CV DHL Putra hanya lulusan SMP.

"Jadi, background yang bersangkutan memang bukan teknik, memang tidak memiliki kecakapan khusus," tutur Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan di Mapolda Jatim, Senin, 11 November 2019.

Selain kasus ambruknya atap kelas SDN Gentong Pasuruan yang jadi perhatian, polisi yang menangkap seorang pembajak truk muatan kayu di Gresik juga menyedot perhatian.

Ingin tahu berita kriminal Surabaya dan sekitarnya pada pekan ini? Berikut rangkumannya yang ditulis Sabtu (16/11/2019):

1.Polisi: Tersangka Atap Sekolah di Pasuruan Ambruk Tak Punya Keterampilan Khusus

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim telah menetapkan dua tersangka kasus ambruknya SDN Gentong Pasuruan. Tersangka berinisial DM dan SE tidak memiliki basis pengetahuan khusus di bidang konstruksi.

Tersangka DM merupakan kontraktor dan pelaksana proyek dari CV Andalus hanyalah lulusan SMA. Sedangkan tersangka SE yang merupakan mandor proyek dari CV DHL Putra hanya tamatan SMP. Keduanya sudah menggarap banyak bangunan sejak 2004.

"Jadi, background yang bersangkutan memang bukan teknik, memang tidak memiliki kecakapan khusus," tutur Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan di Mapolda Jatim, Senin, 11 November 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

Tangkap Pembajak Muatan Truk Kayu

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

2. VIDEO: Polisi Tangkap Seorang Pembajak Truk Muatan Kayu di Gresik

Pelaku perampokan truk muatan kayu di jalan tol dengan sopir diikat dan dibuang di persawahan. Akhirnya dibekuk aparat kepolisian Polrestabes Surabaya. Polisi menyita barang bukti satu unit truk bermuatan kayu yang bernilai Rp 200 juta.

Pelaku MS (36), warga Desa Sidomoro, Kecamatan Kebomas Gresik, Jawa Timur, akhirnya diringkus aparat Polrestbes Surabaya. Seperti diberitakan program Fokus, 8 November 2019.

Tersangka merupakan salah satu pelaku perampokan truk muatan kayu di tol Romokalisari-Surabaya. Saat itu korban sopir truk bernama Nyoman asal Singaraja, Bali tiba-tiba dipepet dengan mobil berwarna putih yang ditumpangi para pelaku. Korban pun tidak kuasa melawan, lalu diikat lakban dan dibuang di areal persawahan Lamongan, Jawa Timur.

Berita selengkapnya baca di sini

3. VIDEO: Polsek Wonokromo Tangkap 2 Pelaku Pembobol Rumah Saat Pesta Nyabu

Dua pelaku pembobol rumah yang selama ini meresahkan masyarakat akhirnya ditangkap anggota Reskrim Polsek Wonokromo Surabaya. Keduanya ditangkap saat pesta sabu di sebuah rumah kos.

Dalam penggeledahan, polisi mendapatkan sepoket sabu dan alat hisap, serta sebuah linggis yang diakui sebagai alat yang digunakan untuk membobol 4 rumah yang ditinggal penghuninya.

Berikut seperti ditayangkan program Fokus, 8 November 2019, seperti inilah aksi pembobol rumah yang dilakukan oleh dua pelaku, AJ, warga Pandegiling Surabaya dan DI warga Jalan Tambaan Surabaya.

Berita selengkapnya baca di sini

Tahanan Berusaha Kabur

Ilustrasi Penangkapan. IOL

4. VIDEO: Hendak Diperiksa, Tahanan Polsek Semampir Surabaya Lompat ke Sungai

Seorang wanita pelaku pencurian baju di kawasan Pasar Wonokusumo Surabaya, kabur dan berenang di sungai, saat diperiksa Satreskrim Polsek Semampir Surabaya. Modus pelaku berpura-pura buang air kecil di kamar mandi, hingga saat petugas penyidik lengah, pelaku kabur dan melompat ke sungai.

Video seorang wanita yang berenang di sungai Semampir, Surabaya, tanpa mengenakan pakaian, sempat viral di berbagai media sosial beberapa waktu lalu. Meski sempat dilempari batu warga setempat, wanita berinisial JN (33), warga Jalan Tenggumung Wetan Surabaya ini, terus berusaha untuk kabur dari sergapan polisi dan warga. Berikut seperti diberitakan Liputan6, 12 November 2019.

Akhirnya, dalam kondisi lemas, pelaku yang memiliki 2 anak ini, berhasil ditangkap polisi dibantu warga sekitar. JN pun akhirnya dibawa ke Mapolres Tanjung Perak Surabaya.

Berita selengkapnya baca di sini

5. VIDEO: Polsek Sukomanunggal Surabaya Bekuk Kawanan Begal Perampas HP

Pelaku perampasan telepon genggam yang berjumlah 4 orang, 3 di antaranya masih di bawah umur dibekuk aparat Polsek Sukomanunggal Surabaya. Karena nekat merampas telepon genggam milik korban pengendara motor.

NA (15), AF (17) dan SA (18), warga Dukuh Pakis Surabaya, dan AJ (35), asal Desa Sukosewu Bojonegoro digelandang aparat Polsek Sukomanunggal Surabaya, karena merampas telepon genggam di kawasan Sukomanunggal Jaya Asri Surabaya.

Modusnya, mereka berkeliling menggunakan sepeda motor mencari sasaran.

Berita selengkapnya baca di sini

Anggota TNI Gadungan

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

6.VIDEO: Anggota TNI Gadungan di Sidoarjo Tipu Beberapa Wanita Lewat Medsos

Memanfaatkan media sosial, seorang pria di Sidoarjo, Jawa Timur, menyaru sebagai anggota TNI berpangkat Serda. Modusnya korban diiming-imingi akan dinikahi, setelah itu dimintai uang hingga jutaan rupiah. Merasa tertipu, korban kemudian melapor ke polisi, dan pelaku akhirnya ditangkap tanpa perlawanan.

Bermodalkan potongan cepak dan postur tinggi besar, AJ (26), warga Desa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur berhasil menipu korbannya dengan menyaru sebagai anggota TNI berpangkat Serda.

Modus pelaku sengaja memasang foto profil berpakaian TNI lengkap di media sosial, dan mengajak berteman sejumlah perempuan, setelah korban masuk perangkap, pelaku berkomunikasi di dunia maya dan janjian untuk bertemu.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Spanyol Gulung Malta 7-0, Hari Spesial untuk Dani Olmo dan Santi Cazorla

Posted: 15 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid- Timnas Spanyol memang bukan lawan sepadan untuk Malta pada lanjutan kualifikasi Euro 2020, Sabtu (16/11/2019) dini hari WIB. Spanyol menang telak 7-0 atas Malta.

Tujuh gol Timnas Spanyol diciptakan Alvaro Morata (menit ke-23), Santi Cazorla (41), Pau Torres (62), Pablo Sarabia (63), Dani Olmo (69), Gerard Moreno (71) dan Navas (85).

Duel Timnas Spanyol menjadi hari yang istimewa bagi Dani Olmo. Pemain Dinamo Zagreb 21 tahun ini berhasil menandai debut dengan satu gol.

Selain Olmo, kemunculan Santi Cazorla juga menjadi istimewa bagi Timnas Spanyol. Gelandang Villarreal ini boleh disebut veteran dan kembali dipercaya pelatih Robert Moreno untuk main di Timnas Spanyol.

Ada pula Sergio Ramos yang melakoni laga ke-169 nya bersama Timnas Spanyol. Ramos merupakan pemain Spanyol dengan cap terbanyak, sudah lewati Iker Casillas (167 cap).

 

Komentar Pelatih

Para pemain Spanyol merayakan gol Pau Torres ke gawang Malta pada babak kualifikasi Grup F Piala Eropa 2020 di Stadion Ramon de Carranza, Cadiz, Spanyol, Jumat (15/11/2019). Spanyol menang 7-0. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Pelatih Timnas Spanyol, Robert Moreno mengaku senang dengan penampilan pasukannya. Meski melawan tim lemah, Spanyol konsisten dengan penampilan mereka.

"Setiap kali Malta kick off, kami seperti segar kembali dan siap kembali main. Kami mencoba beberapa hal dan itu berhasil," katanya seperti dikutip Marca.

"Kami berhasil membuka ruang dengan cara mengenali perilaku para bek mereka. Kami bicarakan soal ini di babak pertama dan kami berhasil mengeksploitasinya."

 

Pujian untuk Olmo

Moreno juga memuji debut Dani Olmo. Dia mengatakan semua ini bisa terjadi berkat penampilan sang pemain di klubnya Dinamo Zagreb.

"Dia cetak gol pertama, itu luar biasa. Saya senang karena anak itu baru debut dan langsung cetak gol," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realme Segera Rilis Flagship Smartphone Baru ke Indonesia, Tipe Apa?

Posted: 15 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Realme mengukuhkan diri jadi vendor smartphone terbesar keempat di Indonesia versi IDC per kuartal ke-3 tahun ini.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Realme juga berkomitmen membawa lebih banyak produk smartphone mereka ke Indonesia. Realme bahkan mengkonfirmasi akan merilis flagship smartphone terbarunya ke Tanah Air.

"Berdasarkan data IDC, Realme sekarang di posisi ke-4 top smartphone di Indonesia dengan market share 12,6 persen. Demand dan supply ke masyarakat juga tinggi sehingga kami bisa melangkah lagi, next-nya kami mau membawa perangkat premium," kata Public Relation Manager Realme Indonesia Krisva Agnieszca di Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Realme belum mau mengungkap perangkat flagship apa yang bakal dibawa ke Indonesia. Namun, berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com dari media-media asing, flagship smartphone terbaru Realme adalah tipe Realme X2 Pro.

Smartphone ini merupakan flagsip terbaru Realme yang dirilis di Tiongkok bulan lalu dan di Eropa sekitar dua hari lalu.

 

Ini Bocoran Spesifikasi Realme X2 Pro

Kamera Belakang Realme XT (2). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sekadar informasi, spesifikasi Realme X2 Pro yang sudah dijual di Tiongkok dan sebagian Eropa menunjukkan bahwa perangkat ini memiliki layar seluas 6,5 inci dengan resolusi 1080 piksel.

Uniknya layar smartphone ini memiliki frame rate 90Hz sehingga membuat kinerja dan tampilan layar lebih smooth. Selanjutnya, Realme X2 Pro juga dibekali fingerprint di layar.

Realme X2 Pro juga didukung prosesor terbaik saat ini yakni Snapdragon 855+ dari Qualcomm.

Kemudian, perangkat ini memiliki daya baterai 4.000mAh yang didukung kemampuan Super VOOC charging 50 watt.

 

Kamera 64MP

Bodi Belakang Realme XT (2). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Berdasarkan spesifikasi yang beredar di media asing, Realme X2 Pro juga memiliki empat kamera, salah satunya memiliki resolusi 64MP. Sementara ketiga kamera lainnya adalah telephoto 13MP, ultrawide 8MP, dan macro lense 2MP.

Realme X2Pro memiliki tiga varian memori yakni RAM 6GB dengan memori internal 64GB, RAM 8GB dengan memori 128GB, dan RAM 12GB dengan memori 256GB.

Bagaimana dengan Indonesia, apakah perangkat ini yang bakal dirilis Realme sebagai flagship smartphone terbaru mereka di Tanah Air?

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Presiden Jokowi Untuk Cucu Ketiganya

Posted: 15 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka baru saja dikaruniai anak kedua setelah istrinya, Selvi Ananda melahirkan bayi perempuan Jumat (15/11/2019). Berjenis kelamin perempuan, ini menjadi cucu ketiga Jokowi setelah sebelumnya dikarunia Jan Ethes dan Sedah Mirah.

Cucu ketiga Jokowi lahir tepat pukul 15.46 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo. Kelahiran cucu ketiga Jokowi ini juga disaksikan langsung oleh Ibu Negara Iriana Jokowi yang menemani persalinan menantunya dan juga ibunda Selvi Ananda, Sri Partini.

Sebagai kakek, Presiden Jokowi melalui akun Instagramnya mengucapkan syukur atas kelahiran cucu ketiganya

"Dengan perasaan senang dan bahagia saya menyampaikan kelahiran cucu saya, cucu ketiga: La Lembah Manah, pada hari Jumat 15 November 2019 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta," tulis Jokowi sambil mengunggah foto dirinya beserta keluarga dan cucu ketiganya.

Doa Presiden Jokowi untuk Cucu Ketiganya

Presiden Jokowi menjenguk cucu ketiganya, La Lembah Manah, di RS PKU Muhammadiyah. (Biro Pers Kepresidenan)

Dalam unggahannya tersebut, Presiden Jokowi juga menuliskan doanya buat La Lembah Manah. Ia berharap cucu ketiganya itu bisa menjadi anak yang berbakti dan tumbuh sehat.

" Semoga ia kelak bertumbuh menjadi anak yang baik, sehat, dan berbakti. Terima kasih," tulis Jokowi.

Komentar Artis

Foto keluarga Gibran Rakabuming Raka bersama anak keduanya, La Lembah Manah hasil jepretan fotografer Joko Widodo, Agus Suparto. (Liputan6.com/Fajar Abrori/ Agus Suparto)

Tak sedikit selebritis menuliskan komentar dalam unggahan presiden Jokowi, yang isinya mendoakan cucu ketiganya.

"Selamat pak presiden atas kehadiran cucu yang baru," tulis Rano Karno.

"Selamat jadi kakek utk ke 3x-nya bapak Jokowi.. 🤗🙏❤️," tulis Ari Wibowo.

"Congratulations pak @jokowi :)," tulis Boy William.

Operasi Caesar.

Selvi Ananda yang sedang hamil tua sedang berburu kuliner di Traditional Dessert Festival bersama dengan Gibran dan putranya Jan Ethes.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Selvi Ananda melahirkan putrinya melalui operasi caesar. Gibran pun sempat menyampaikan bahwa bayi dan ibunya langsung dibawa kembali ke kamarnya usai proses persalinan.

Dibantu Tim Dokter Kepresidenan

Gibran Rakabuming Raka foto bersama dengan Selvi Ananda dan seorang dokter menjelang persalinan anak keduanya (Dok.Instagram/@janethes_story/https://www.instagram.com/p/B4tT5idpbwn/Komarudin)

Proses persalinan anak kedua Gibran tak hanya ditangani oleh tim dokter RS PKU Muhammadiyah Solo. Tim dokter kepresidenan pun ikut membantu proses kelahiran ini.

Diketahui, tim dokter yang menangani persalinan ini, sama seperti tim yang menangani kelahiran Jan Ethes pada 2016.

"Tim dokter yang menangani masih sama dengan saat Jan Ethes lahir. Salah satu tim dokter tersebut dr Soffin Arfian. Nanti masih dibantu tim dokter Kepresidenan," ujar Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Solo, Mardiyanto, Jumat.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO : Detik-Detik Petugas dan Warga Gerebek Pencopet di Bus

Posted: 15 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pencopet berhasil ditangkap warga dan petugas setelah melakukan aksinya di dalam bus. Pelaku langsung diamankan sebelum dikeroyok massa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Jigger Adalah Kutu Terkecil di Dunia yang Mematikan, Ini Ciri dan Gejalanya

Posted: 15 Nov 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jigger adalah penyakit yang diakibatkan oleh masuknya kutu ke dalam tubuh. Jigger merupakan penyakit mematikan yang paling sering terjadi di negara-negara Benua Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan sub-Sahara Afrika.

Penyakit jigger adalah kutu terkecil di dunia yang meruapakan spesies berukuran kecil bahkan lebih kecil dari butiran pasir. Kutu jigger banyak hidup dan bersembunyi di dalam pasir.

Kutu jigger menunggu kaki manusia untuk menginjak. Mereka kemudian akan menempel dan bergerak masuk ke dalam kulit kaki manusia. Penyakit jigger harus segera diatasi karena bisa mengakibatkan anggota tubuh terkena diamputasi jika kondisinya semakin parah.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber membahas seputar penyakit jigger adalah penyakit mematikan, Sabtu (16/11/2019).

Mengenal tentang Penyakit Jigger

Kutu Jigger / Sumber: Wikipedia

Penyakit jigger adalah penyakit yang disebabkan oleh kutu jigger. Berbeda dengan jenis kutu lainnya, kutu penyebab penyakit jigger ini merupakan kutu paling kecil. Kutu ini sangat kecil, bahkan sulit dibedakan dengan butiran pasir.

Kutu yang sangat kecil ini hidup di negara-negara Benua Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan sub-Sahara Afrika. Kutu terkecil di dunia ini merupakan spesies yang ukurannya lebih kecil dari butiran pasir.

Menteri Kesehatan Uganda, James Kakooza mengatakan, jigger banyak hidup dan bersembunyi di dalam pasir. Kutu-kutu tersebut menunggu kaki manusia untuk menginjaknya. Kutu-kutu tersebut kemudian akan menempel dan bergerak masuk ke dalam kulit kaki manusia.

Setelah itu, penyakit jigger adalah akan mengubur kepalanya ke dalam daging manusia dan sengaja membiarkan bagian perutnya terbuka. Setelah dua minggu, perut jigger akan terisi dengan telur. Satu telur menetas maka induk kutu akan mati dan menyebabkan infeksi.

Ciri-ciri Kutu Jigger yang Mematikan

Jigger atau biasa disebut Tunga penetrans sejenis kutu yang lazim ditemui di tempat beriklim tropis dan subtroipis. Kutu ini sangat kecil, bahkan sulit dibedakan dengan butiran pasir.

Mereka bersembunyi dalam pasir dan tanah menunggu kaki manusia menginjak. Kutu ini bersifat parasit, karena mereka dapat masuk ke dalam kaki dan tangan manusia.

Kutu jigger yang sudah dewasa, baik jantan dan betina akan mencari makan pada hewan atau manusia berdarah panas. Meskipun kutu jantan dan betina memakan darah, namun hanya betina yang menggali ke dalam kulit yang menyebabkan gejala terkait dengan tungiasis.

Penyakit Jigger Bisa Menyerang Siapa Saja

Penyakit Jigger / Sumber: Wikipedia

Pada anak-anak kutu yang telah menetas kemudian akan menghancurkan jaringan lunak seperti saraf dan sel manusia serta pembuluh darah. James mengatakan bagian tubuh manusia yang terkena jigger akan membusuk. Oleh karena itu, tak heran jika jigger menjadi penyebab tertinggi kematian dini pada anak.

Penyakit jigger bisa terjadi pada siapa saja, yaitu orang tua, laki-laki dan perempuan, dan individu lainnya tanpa memandang ras. Terlebih bagi kamu yang tinggal di tempat-tempat tropis atau subtropis lainnya di seluruh dunia dalam lingkungan berpasir.

Penyebaran penyakit jigger tidak hanya terbatas di padang pasir saja. Jigger juga menempel dan dibawa lalat pasir betina. Mereka yang tidak menjaga kebersihan, kemungkinan besar memiliki risiko tinggi terkena penyakit jigger.

Gejala Penyakit Jigger

Kutu jigger yang menyerang manusia biasanya akan menimbulkan gejala berupa bintik hitam kecil. Hal ini menandakan kutu betina sedang bersembunyi di balik kulit.

Gejala penyakit ini memang tidak begitu nampak. Namun beberapa waktu akan muncul benjolan putih kecil yang akan berkembang di area kulit yang terkena. Benjolan akan semakin besar, kemerahan, dan peradangan akan terjadi di sekitar benjolan putih.

Penderita juga akan mengalami gatal-gatal dan rasa sakit. Ketika kutu betina masuk ke dalam kulit dan mati, maka akan meninggalkan kerak hitam.

Komplikasi penyakit jigger adalah infeksi yang semakin menyebar dan membutuhkan amputasi.

Cara Mengatasi Penyakit Jigger

Apabila kutu ini sudah singgah atau hidup di dalam kaki manusia, biasanya akan membuat penderitanya merasa kesakitan apabila tidak segera diobati. Hal ini dikarenakan begitu telur menetas, induknya pun mati. Kondisi ini yang sering menyebabkan infeksi.

Walaupun kutu ini bisa diangkat oleh dokter, namun ada stigma tertentu terkait infeksi akibat serangga yang sudah berkembang biak di dalam kaki. Infeksi di kaki ini dapat menyebabkan penderitanya di amputasi anggota badannya dan paling buruknya adalah kematian.

Cara Mencegah Penyakit Jigger

Penyakit jigger adalah penyakit yang umum terjadi di kawasan Amerika Latin dan Karibia. Kawasan yang paling parah terkena penyakit jigger adalah Uganda tepatnya di Busoga.

Penyakit yang diakibatkan oleh serangga berupa kutu paling kecil ini umumnya menyerang atau berkembang biak di lingkungan kotor dan berdebu. Selain itu, kutu jigger juga biasanya menyerang kawasan miskin dengan tingkat kebersihan yang rendah.

Namun kutu jigger bisa dibasmi dengan menyiramnya dengan bensin dan paraffin. Untuk mencegah penyakit jigger adalah dengan menjalani pola hidup bersih.

Menutupi kaki atau tidak secara langsung menyentuh pasir ketika di daerah yang diketahui terdapat kutu jigger juga bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyakit jigger.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas U-22 vs Iran Siaran Langsung Televisi Hari Ini

Posted: 15 Nov 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas U-22 Indonesia kembali akan menjajal Iran di laga uji coba. Kali ini, pertandingan akan digelar di Stadion Pakansari, Bogor.

Di laga pertama, Rabu (13/11), kedua tim bermain imbang 1-1. Ketika itu, Tim Merah Putih bahkan sempat memimpin tapi akhirnya disamakan.

Dengan trio Evan Dimas, Syahrian Abimanyu, dan Luthfi Kamal Baharsyah di lini tengah, Timnas U-22 sebenarnya memulai pertandingan dengan irama yang cukup baik. Hanya sayang memang, pertandingan harus berakhir imbang.

Namun, pasukan Tim Merah Putih masih punya kesempatan untuk kembali menguji tim yang sama, sore ini.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-22 yang dilatih Indra Sjafri adalah pasukan yang disiapkan untuk tampil di SEA Games 2019. Maka itu, laga uji coba ini pun menjadi penting artinya.

Berikut jadwal laga kedua, Timnas U-22 vs Iran yang akan disiarkan langsung oleh RCTI.

 

 

Jadwal Timnas U-22 vs Iran

Sabtu, 16 November 2019

16.30 WIB, Timnas U-23 vs Iran

Stadion Pakansari, Bogor

Live: RCTI

Skuat Timnas U-22

1. Bagas Adi Nugroho - Bhayangkara FC

2. Nadeo Arga Winata - Borneo FC

3. Hanif Abdurrauf Sjahbandi - Arema FC

4. Asnawi Mangkualam Bahar - PSM Makassar

5. Muhammad Rifad Marasabessy - PS TIRA Persikabo

6. Alberto Goncalves - Madura United

7. Nurhidayat Haji Haris - Bhayangkara FC

8. Zulfiandi - Madura United

9. Irkham Zahrul Mila - PSS Sleman

10. Gian Zola Nasrullah Nugraha - Persib Bandung

11. Dodi Alekvan Djin - Persik Kediri

12. Muhammad Riyandi - Barito Putera

13. Rachmat Irianto - Persebaya

14. Feby Eka Putra - Persija

15. Witan Sulaeman - PSIM Yogyakarta

16. Egy Maulana Vikri - Lechia Gdanks

17. I Kadek Agung Widnyana Putra - Bali United

18. Sani Rizki Fauzi - Bhayangkara FC

19. Evan Dimas Darmono - Barito Putera

20. Muhammad Rafli - Arema FC

21. Muhammad Hambali Tolib - Persela

22. Muhammad Lutfi Kamal Baharsyah - Mitra Kukar

23. Syahrian Abimanyu - Madura United

24. Saddil Ramdani - Pahang FA

25. Firza Andika - PSM Makassar

26. Awan Setho Raharjo - Bhayangkara FC

27. Andy Setyo Nugroho - PS TIRA Persikabo

28. Osvaldo Ardiles Haay - Persebaya

Saksikan video Timnas U-22 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Berbayar Margonda dan Kalimalang, Komisi V: Cukup Tol Saja, Jalan lain Jangan

Posted: 15 Nov 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae meminta penerapan electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar di Margonda dan Kalimalang yang akan dilakukan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada 2020 agar dihentikan. Menurutnya, penerapan tersebut akan sangat membebani masyarakat.

"Sebaiknya pemerintah menghentikan niat jalan berbayar Margonda dan Kalimalang, masyarakat kita banyak terbebani," katanya pada Liputan6.com, Sabtu (16/11/2019).

Ia menyarankana agar jalan berbayar cukup diterapkan pada jalan-jalan tol saja, bukan jalan kecil atau alternatif. "Biarkan saja tol yang berbayar, jangan lagi jalan yang lain," ucapnya.

Senada dengan Ridwan, Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Demokrat Irwan mengatakan keputusan pemerintah itu tidak bijak dan memberatkan rakyat. "Tak bijak dan kurang tepat dengan kondisi ekonomi rakyat saat ini," katanya.

Irwan mempertanyakan alasan dari kebijakan jalan berbayar itu. Ia menolak alasan mengurangi kemacetan harus dengan menerapkan jalan berbayar.

"Dasarnya apa membuat jalan rakyat itu harus berbayar? Kalau alasan kemacetan apakah Pemerintah sudah kehabisan akal dan analisis untuk mengurai kemacetan dengan tidak memberatkan rakyat yang saat ini kehidupannya sudah semakin sulit," tuturnya.

 

DPR Akan Panggil Menhub

Anggota Komisi V akan mengusulkan pada pimpinan Komisi V agar segera memanggil Kemenhub dan BPTJ untuk menjelaskan urgensi penerapan jalan berbayar tersebut.

"Saya akan usulkan pada pimpinan Komisi V DPR RI agar memanggil Kementerian Perhubungan untuk mengetahui dasar dan urgensi kenapa harus berbayar," ia menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia, Siaran Langsung Televisi

Posted: 15 Nov 2019 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gelaran MotoGP Valencia, Spanyol dipastikan akan sangat istimewa bagi pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo. Pasalnya, usai ajang ini, pembalap asal Spanyol itu akan pensiun dari lintasan

Tak pelak, Jorge Lorenzo berusaha untuk memberikan yang terbaik saat menjalani balapan terakhirnya ini. Belum maksimal di FP1 dan FP2, Lorenzo masih bisa berbicara banyak di kualifikasi nanti untuk mencari posisi start balapan.

Selama mengikuti MotoGP, Lorenzo sudah balapan sebanyak 202 kali. Dia mencatatkan 47 kemenangan, 117 podium, dan 43 pole. Lorenzo mengumpulkan 2.896 poin.

Pembalap berusia 32 tahun tersebut memutuskan pensiun setelah mengalami kecelakaan parah di Sirkuit Assen, Belanda, Juni lalu. Kecelakaan itu membuatnya mengalami cedera tulang belakang yang membuatnya absen dalam empat balapan.

Tekad pembalap berusia 32 tahun itu untuk pensiun kian mantan saat balapan di MotoGP Malaysia, 3 November lalu. Kini, jelang balapan di Valencia, dia pun mengumumpannya secara resmi.

"Saya pertama kali berpikir tentang pensiun saat cedera di Assen. Akhirnya saya mantap pensiun usai balapan di Malaysia," ucap mantan pembalap Ducati itu, dikutip dari Crash.

Berikut jadwal MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tomo, Spanyol.

Jadwal MotoGP Valencia

Sabtu (16/11/2019)

 

15:00 - 15:40, FP3 Moto3

15:55 - 16:40, FP3 MotoGP

16:55 - 17:35, FP3 Moto2

18:35 - 18:50, Q1 Moto3

19:00 - 19:15, Q2 Moto3

19:30 - 20:00, FP4 MotoGP

20:10 - 20:25, Q1 MotoGP

20:35 - 20:50, Q2 MotoGP

21:05 - 21:20, Q1 Moto2

21:30 - 21:45, Q2 Moto2

 

Jadwal MotoGP Valencia

Balap

Minggu (17/11/2019)

 14:20 - 14:40, WU Moto3

14:50 - 15:10, WU Moto2

15:20 - 15:40, WU MotoGP

17:00, Race Moto3

18:20, Race Moto2

20:00, Race MotoGP

Live Trans 7

Klasemen MotoGP

Marc Marquez - Honda - 395 poin

Andrea Dovizioso - Ducati - 256

Maverick Vinales - Yamaha - 201

Alex Rins - Suzuki - 194

Danilo Petrucci - Ducati - 176

Fabio Quartararo - Yamaha - 172

Valentino Rossi - Yamaha - 166

Jack Miller - Ducati - 149

Cal Crutchlow - Honda - 133

Franco Morbidelli - Yamaha - 115

Pol Espargaro - KTM - 94

Joan Mir - Suzuki - 83

Takaaki Nakagami - Honda - 74

Aleix Espargaro - Aprilia - 56

Francesco Bagnaia - Ducati - 54

Andrea Iannone - Aprilia - 43

Miguel Oliveira - KTM - 33

Johann Zarco - Honda - 30

Jorge Lorenzo - Honda - 25

Tito Rabat - Ducati - 18

Stefan Bradl - Honda - 16

Michele Pirro - Ducati - 9

Hafizh Syahrin - KTM - 8

Sylvain Guintoli - Suzuki - 7

Karel Abraham - Ducati - 7

Mika Kallio - KTM - 3

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Rekrut Coutinho, Manajer Tottenham Hotspur Meradang

Posted: 15 Nov 2019 08:35 PM PST

London - Pada bursa transfer musim panas 2019, Tottenham Hotspur memiliki kesempatan untuk mendatangkan Philippe Coutinho. Hal itu terjadi setelah Barcelona membuka negosiasi untuk klub yang berminat kepada Coutinho.

Tottenham Hotspur dan Manchester United disebut menjadi Premier League yang tertarik untuk memboyong Coutinho.

Namun, Tottenham berada di garis terdepan karena Coutinho tak berminat bergabung ke Manchester United karena sejarahnya bersama Liverpool.

Namun, tidak adanya kepastian dari Tottenham membuat Coutinho memilih bergabung ke Bayern Munchen. Ia berada di klub tersebut selama satu musim dengan status pinjaman dan opsi pembelian.

Hal itu membuat Pochettino geram dengan manajemen Tottenham Hotspur. Hal itu diperburuk dengan kondisi klub yang kurang konsisten. The Lilywhites berada di peringkat ke-14 dari 12 laga yang sudah dijalani.

Mauricio Pochettino Mulai Gerah

Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino. (AP Photo/Martin Meissner)

Musim 2019-20 diprediksi sebagai musim terakhir Pochettino menangani Tottenham Hotspur. Hal itu dikarenakan penurunan performa yang ditunjukkan klub.

Selain itu, Pochettino menilai manajemen tak memberikan dukungan penuh untuk meningkatkan performa klub. Kondisi tersebut yang membuat beberapa pemain pilar berencana untuk hengkang.

Christian Eriksen disebut sudah berniat hengkang secara cuma-cuma pada akhir musim 2019-20.

Sumber: Sports Mole

Disadur dari: Bola.com (penulis Aditya, editor Gregah, published 15/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bolivia Akan Gelar Pemilu Tanpa Evo Morales

Posted: 15 Nov 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Sucre - Pemerintah sementara Bolivia dan para legislator dari partai pemimpin tersingkir Evo Morales mencapai kesepakatan, Kamis malam 14 November 2019 waktu setempat, untuk melangsungkan pemilu baru.

Pada sebuah sidang larut malam di Senat Bolivia, para anggota memilh ketua Senat yang baru, dan kemudian menggarap kesepakatan itu, yang berpotensi membantu menyelesaikan krisis politik di negara Amerika Selatan itu, setelah berpekan-pekan protes dan kekerasan yang mengakibatkan mundurnya Morales.

Dilansir dari VOA Indonesia, Sabtu (16/11/2019), Presiden sementara Bolivia Jeanine Anez, yang mengambil alih posisi pemimpin sayap kiri itu mengatakan, Morales tidak akan diterima bila mencalonkan diri sebagai kandidat presiden.

Mantan Presiden Bolivia Evo Morales ingin kembali ke Bolivia dari Meksiko tetapi pemilu baru dapat diselenggarakan tanpa dia, katanya kepada kantor berita Reuters, Jumat 15 November.

Morales mengundurkan diri Minggu 10 November dan melarikan diri ke Meksiko setelah berpekan-pekan aksi demonstransi yang mempersoalkan dugaan penipuan pemilu bulan lalu, yang diklaim telah dimenangkan Morales untuk keempat kalinya.

Anez memiliki waktu 90 hari untuk melangsungkan pemilu setelah mulai berkuasa pekan ini. Sejauh ini, belum ada pengumuman kapan pemilu baru itu akan diselenggarakan.

Morales Pergi ke Mexico Atas Keinginan Sendiri

Jeanine Áñez, anggota parlemen yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Bolivia.(Source: AP/ N. Pisarenko)

Pada hari Jumat, Anez membantah klaim Morales bahwa ia mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu karena tekanan militer dan ancaman kekerasan terhadap kolaborator dekatnya. Demikian dikutip dari Al Jazeera.

"Evo Morales melakukannya sendiri. Tidak ada yang mengusirnya," katanya dalam konferensi pers.

Dia mengatakan dia bebas untuk kembali, tetapi harus "menjawab keadilan atas penipuan pemilu".

"Keadilan harus melakukan tugasnya tanpa tekanan politik," tambahnya.

Pada hari Kamis, Anez mengatakan dia ingin memperbaiki jembatan dengan MAS, dan mengadakan pemilihan baru. Tetapi dia mengatakan bahwa Morales tidak akan diterima sebagai kandidat.

Beberapa politisi dari partai Morales dan legislator dari pemerintah, sementara Anez telah mengindikasikan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan politik untuk membawa perdamaian ke negara itu juga membuka jalan menuju pemungutan suara baru dalam 90 hari.

Tetapi Anez mengatakan pada hari Jumat bahwa kesepakatan awal telah gagal, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Morales mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa ia tidak tahu siapa yang akan menjadi kandidat MAS. Orang-orang akan memutuskan, katanya.

Pendukung Morales Tetap Setia

Orang-orang mengibarkan bendera Bolivia merayakan pengunduran diri Presiden Evo Morales di La Paz, Minggu (10/11/2019). Morales memutuskan mengundurkan diri buntut aksi protes yang dilatarbelakangi dugaan dirinya melakukan kecurangan dalam pemilu dalam beberapa pekan terakhir. (JORGE BERNAL/AFP)

Sebagian besar oposisi terhadap Morales muncul dari penolakannya untuk menerima referendum yang akan melarangnya mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat.

Meskipun beberapa pendukung menjadi kecewa dengan desakannya untuk mempertahankan kekuasaan, Morales tetap populer, terutama di kalangan masyarakat adat.

Sejak pengunduran dirinya, para pendukung Morales telah berbaris di jalan-jalan, mendirikan blokade yang memaksa penutupan sekolah dan menyebabkan kekurangan bensin di ibukota.

"Evo: Kawan, orang-orang bersamamu!" teriak sebagian besar pengunjuk rasa pribumi di kota Sacaba pada hari Jumat 15 November.

Banyak pemrotes mengibarkan bendera nasional dan bendera "Wiphala" berwarna-warni yang mewakili masyarakat adat. Mereka mengatakan mereka tidak menerima Anez sebagai presiden sementara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Bocah Berusia 14 Tahun Nikahi Gadis Cantik

Posted: 15 Nov 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perbedaan umur pada pasangan kekasih nampaknya menjadi hal yang lumrah. Bahkan banyak pasangan dengan perbedaan umur yang jauh melanjutkan hubungannya ke jenjang pernikahan. Hanya saja tak jarang pernikahan beda usia tersebut menjadi perhatian publik.

Ya, sebelumnya telah banyak berita pasangan pengantin pria yang jauh lebih tua dari sang pengantin wanita. Namun berbeda dengan pengantin asal Kamboja yang baru-baru ini sedang viral.

Artikel tentang pernikahan remaja belia dengan gadis cantik menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang penelitian tentang pria yang miliki anak perempuan cenderung berumur panjang. Sementara artikel terpopuler ketiga tentang kelakuan absurd orang saat naik motor.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bikin Warganet Iri, Bocah 14 Tahun Asal Kamboja Ini Nikahi Gadis Cantik

foto: Facebook Mãĸ Õřñ

Mempelai pengantin wanita berusia 21 tahun sementara sang mempelai pria masih berusia 14 tahun. Pernikahan ini diketahui usai seorang warganet mengunggahnya di Facebook. Rupanya pasangan pengantin yang menikah tersebut adalah sang keponakan.

Selengkapnya...

2. Studi: Ayah yang Miliki Anak Perempuan Cenderung Hidup Lebih Lama

Ilustrasi ayah dan anak perempuan (sumber: iStock)

Menurut sebuah penelitian, ayah yang memiliki anak perempuan cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak memilikinya.

Karena tidak banyak yang diketahui tentang efek melahirkan pada kesehatan dan tubuh ayah, sebuah penelitian dilakukan para ahli dari Universitas Jagiellonian untuk menggali lebih dalam.

Selengkapnya...

3. Bikin Tepuk Jidat, 7 Kelakuan Absurd Orang Saat Naik Motor

Doc: Instagram.com

Saat mengendarai kendaraan bermotor, terdapat aturan yang harus dipatuhi agar tidak mencelakakan pengguna jalan lainnya. Misalnya saja surat-surat berkendara, menggunakan helm, dan lainnya. Namun demikian, bukan orang Indonesia jika tidak memiliki kelakuan nyeleneh saat menaiki kendaraan bermotor. 

Selengkapnya...

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Gubernur Ridwan Kamil Salah Pakai Sepatu

Posted: 15 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istri Gubernur Ridwan Kamil mengunggah sebuah video yang tak biasa. Jika diperhatikan sepintas dalam video itu, tak ada yang aneh dari penampilannya. Mengenakan batik hijau motif bunga, rok hijau tosca, dan sepatu hitam, serta tas hitam yang disandangkan di bahu kanannya.

"Ada yang aneh gak, coba?" tanya Atalia Praratya sambil melangkah di sebuah tempat dalam video yang diunggah lewat Instagram pribadinya, Sabtu (16/11/2019).

Sambil melangkah, Atalia senyum tersipu. Saat hendak masuk ke dalam lift, istri Ridwan Kamil berhenti sejenak. Ia memanggil seseorang ke hadapannya untuk melihat apa yang berbeda dari sepatu yang dipakainya.

"Sini!" seru Atalia tersenyum.

Perempuan berhijab hijau tosca tersebut menunjukkan perbedaan sepatu yang dipakainya dengan merapatkan kakinya. Sepatu sebelah kanan hitam polos dengan hak putih, tak ada hiasan di depannya, sedangkan sepatu sebelah kiri terdapat hiasan berbentuk persegi di depannya.

"Ada yang sering ngalamin begini? Setelah jauh baru sadar🥴," tanya Atalia Praratya kepada warganet.

Reaksi Warganet

Atalia Praratya salah memakai sepatu (Dok.Instagram/@ataliapr/https://www.instagram.com/p/B46GdVhH0hJ/Komarudin)

Pertanyaan  Atalia mendapat banyak jawaban dari warganet. Pengalaman yang terjadi pada Atalia juga dialami oleh banyak pemakai media sosial Instagram.

"Mending ini sama2 sepatu hitam bu... Saya pernah sepatu sama sendal jepit coba 😂😂 untung belum jauh dari rumah 😅😅," komentar @artikadh.

"Pernah saya bu cinta.. dan g sadar, sadarnya pas foto...😅," tulis @ria2691 ikut menimpali.

"@ataliapr buat ibu cinta mah.. pake apa aja syah2 aja dan pantes aja bu..😁," komentar @choliznick.

"Gpp sepatu yang ketuker, asal jangan pasangan aja yang ketuker Bu 😂," canda @tinasetara_.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Malaysia di TVRI

Posted: 15 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal kembali berlaga di ajang Pra Piala Dunia 2022 Grup G. Kali ini, Tim Merah Putih akan menantang tuan rumah Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Di pertandingan terakhir Pra Piala Dunia 2022, Tim Garuda takluk 1-3 melawan Vietnam di kandang sendiri, Selasa (15/10/2019). Kekalahan itu merupakan yang keempat secara beruntun. Sebelumnya Timnas Indonesia takluk melawan Malaysia, Thailand, dan UEA.

Meski demikian langkah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 masih berlanjut. Hansamu Yama dkk. harus menjalani empat laga tersisa lagi.

Untuk melawan Malaysia pada pemanggilan ini terdapat pemain baru yakni TM Ichsan (Bhayangkara FC), Ardi Idrus (Persib), Hendro Siswanto (Arema FC), Dedy Gusmawan (Semen Padang).

Timnas Indonesia diharapkan dapat meraih hasil maksimal saat melawan Malaysia. Pada laga leg pertama Indonesia kalah 2-3 di Stadion Gelora Bung Karno, 5 September lalu.

Berikut jadwal Timnas Indonesia vs Malaysia di Pra Piala Dunia 2022 yang akan disiarkan di TVRI.

 

 

Jadwal Timnas Indonesia

Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, bersiap melepas tendangan saat melawan Malaysia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

19 November 2019

Malaysia Vs Indonesia

Pukul: 19.45 WIB

Venue: Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia

Live: TVRI/Mola TV

Jadwal Selanjutnya

26 Maret 2020, Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020, Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020, Vietnam Vs Indonesia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PJB jadi Perusahaan Pembangkit dengan Transparansi Terbaik

Posted: 15 Nov 2019 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) meraih Juara 1 pada gelaran Annual Report Award 2018 pada kategori Private Non Keuangan Non Listed.

Keikutsertaan PT PJB pada acara yang setiap tahun digelar oleh beberapa lembaga keuangan negara seperti BI, OJK, dan lainya ini merupakan bentuk nyata komitmen perusahaan terhadap keterbukaan informasi serta pemberian informasi yang akurat dan akuntabel terhadap seluruh pemangku kepentingan.

Pada Laporan Tahunan PT PJB Tahun 2018, PT PJB menunjukkan eksistensinya sebagai Perusahaan yang mampu menghadirkan laporan berkualitas serta relevan dengan perkembangan ekonomi dan industri kelistrikan saat ini.

Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantra mengatakan, pencapian penghargaan ini menjadi cerminan terhadap perusahaan sendiri, bahwa PT PJB harus dapat memenuhi dahaga  seluruh pemangku kepentingan terhadap informasi.

Sebagai Perusahaan Terpercaya Dalam Bisnis Pembangkitan Terintegrasi dengan Standar Kelas Dunia, PJB berupaya untuk memenangkan dukungan Stakeholders melalui penyediaan informasi yang Akurat, Tepat Waktu, serta Relevan (bermanfaat) baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal perusahaan.

Termasuk di dalamnya adalah penyajian informasi keuangan, yang mengharuskan PJB memberikan informasi keuangan secara baik dan informatif sesuai dengan ketentuan akuntansi yang berlaku di Indonesia.

PJB turut melaporkan seluruh kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sesuai dengan standar ISO 26000 dimana Perusahaan diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan CSR kepada seluruh pemangku kepentingannya, mulai dari karyawan hingga masyarakat umum. ISO 26000 sendiri menjadi salah satu kriteria dari bagian CSR yang telah diperbaharui pada ARA 2018.

Kriteria Penilaian

Petugas keamanan menjaga area di PLTGU Muara Karang, Jakarta, Rabu (21/3). ISS Indonesia memberikan layanan industrial cleaning kepada PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkit Muara Karang sejak awal 2016 . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Salah satu aspek yang mendominasi adalah penerapan Good Corporate Governance (GCG). Pada penilaian Annual Report Award 2018, Penguatan prinsip-prinsip GCG PJB seperti Transparansi, Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Kemandirian dan Kewajaran terbukti telah dilakukan dengan baik dengan mendapatkan skor 94,17 (naik dari tahun sebelumnya, 93,63).

Adapun hal yang telah dilakukan di PJB sehingga mampu mendongkrak pencapaian skor implementasi GCG yang tinggi, diantaranya adalah:

1. Proses bisnis yang sistematis

2. Penguatan fungsi kepatuhan dan SPI

3. Transformasi korporasi yang berpengaruh pada transformasi budaya

4. Kolaborasi antara fungsi pengelola dan pengawas yang semakin baik

5. Kesadaran pentingnya keterbukaan informasi

6. Pengelolaan stakeholder yang menjadi prioritas, sehingga semakin meningkatkan dukungan terhadap PJB

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Sebut 80 Persen Teroris Miliki Koneksi ke JAD

Posted: 15 Nov 2019 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aksi penyerangan teroris dengan menyerang polisi menggunakan bom kembali terjadi di Medan Rabu 13 November 2019.

Pengamat Gerakan Islam Zaki Mubarak, menyebut, sejak 2010, kurang lebih 70 persen memang menyerang aparat Kepolisian. Menurut dia, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir di kalangan Jihadis, doktrin penyerangan mereka berubah.

"Mereka menyatakan bahwa sasaran utama yang dianggap thogut adalah aparat berbaju coklat," kata Zaki dalam sebuah diskusi di bilangan Jakarta Pusat, Sabtu (16/11/2019).

Dia pun menyebut, sejumlah teroris, sekitar 80 persen memiliki koneksi dengan JAD. Baik secara struktural maupun fungsional.

"Sejumlah pelaku sekitar 80 persen itu memiliki koneksi dengan JAD, baik secara struktural maupun fungsional. Secara struktural berarti ada di dalam pengurusan, secara fungsional berarti ideologinya sama," ungkap Zaki.

Karenanya, dia merasa yakin bahwa teroris yang menyerang Mapolrestabes Medan memang memiliki kaitan dengan JAD secara ideologinya.

"Di Medan, saya yakin secara fungsional, ideologi, mereka punya kaitan dengan JAD," tegas Zaki.

 

JAD Target Aparat

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Menurutnya, tidak ada kelompok lain selain JAD yang menjadikan pihak aparat keamanan sebagai targetnya.

"Karena kelompok jihad selain JAD itu tidak menjadikan polisi sebagai sasaran. Misalnya Jama'ah Islamiyyah, itu tak menempatkan polisi sebagai sasaran yang harus dihabisi," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Incar Donnarumma Gantikan Buffon

Posted: 15 Nov 2019 08:20 PM PST

Turin - Juventus rupanya belum puas dengan skuat yang ada sekarang. Terbaru, mereka mengincar kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma untuk menggantikan Gianluigi Buffon.

Juventus menjadikan sektor kiper sebagai satu di antara incaran mereka. Sebagai klub terbaik di Italia, Bianconeri menginginkan kiper Gli Azzurri.

Sebelumnya, Juventus pernah dikawal kiper timnas Italia legendaris, di antaranya adalah Dino Zoff dan Gianluigi Buffon. Hal itu membuat Juventus identik sebagai klub penyedia kiper timnas.

Hal itu akan mereka lakukan lagi dengan coba merekrut Gianluigi Donnarumma. Kiper berusia 20 tahun itu sudah menjadi suksesor Gianluigi Buffon di timnas Italia.

Sebelumnya, Juventus sudah pernah mengincar Donnarumma ketika pemain tersebut terkelit masalah kontrak bersama AC Milan. Namun, Donnarumma memutuskan untuk bertahan bersama Rossoneri.

Saat ini, peluang Juventus kembali terbuka. Hal itu dikarenakan Donnarumma menolak untuk menandatangani kontrak baru yang disodorkan AC Milan.

Siap Menyerahkan Bek untuk AC Milan

Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. (AFP/Miguel Medina)

Juventus disebut akan bersedia memasukkan Merih Demiral atau Daniele Rugani jika AC Milan bersedia menyerahkan Donnarumma. Rossoneri disebut tertarik dengan dua pemain Juventus itu.

Selain itu, Juventus juga harus menyediakan dana paling tidak 60 juta euro untuk menebus Donnarumma. Saat ini, kiper utama Juventus adalah Wojciech Szczesny yang terikat kontrak hingga Juni 2021 di klub tersebut.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis Aditya, editor Wiwig, published 15/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berusia 35 Tahun, Ini 6 Pesona Kartika Adik Sandra Dewi yang Bak ABG

Posted: 15 Nov 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sandra Dewi adalah aktris cantik Tanah Air yang mengawali karier di dunia akting sejak usia 19 tahun. Di usia yang sangat muda, Sandra melakukan debut akting di film berjudul A Very Slow Breakfast, film pendek yang rilis 2002.

Nama Sandra Dewi mulai melambung dan dikenal luas oleh publik usai menjadi peran utama di sinetron SCTV berjudul Cinta Indah Season 1 pada 2007. Sepanjang kariernya, perempuan kelahiran 8 Agustus 1983 sudah membintangi 13 judul sinetron dan 7 judul film.

Sebagai seleb cantik yang berprestasi, kehidupan keluarga Sandra Dewi sangat menarik untuk dibahas, termasuk mengenal adiknya yang bernama Kartika Dewi. Kartika bekerja sebagai tim sales di sebuah televisi swasta Tanah Air. Paras Kartika sama cantiknya dengan Sandra, membuatnya memiliki banyak penggemar.

Tak banyak yang menyadari, adik Sandra Dewi ini nyatanya sudah berusia 35 tahun. Meski sudah berkepala tiga, Kartika tetap terlihat awet muda bahkan masih terlihat imut. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @kartikadewi20, pesona Kartika Dewi, Sabtu (16/11/2019).

1. Ini dia Kartika Dewi, adik kandung Sandra Dewi yang tak kalah cantik.

Sudah Berusia 35 Tahun, Ini 6 Pesona Kartika Adik Sandra Dewi yang Awet Muda (sumber: Instagram.com/kartikadewi20)

2. Pemilik 279 ribu followers di Instagram ini baru saja merayakan ulang tahunnya ke-35 pada 23 Oktober 2019 lalu.

Sudah Berusia 35 Tahun, Ini 6 Pesona Kartika Adik Sandra Dewi yang Awet Muda (sumber: Instagram.com/kartikadewi20)

3. Perempuan yang hanya beda setahun dari Sandra Dewi ini wajahnya terlihat menggemaskan bak ABG.

Sudah Berusia 35 Tahun, Ini 6 Pesona Kartika Adik Sandra Dewi yang Awet Muda (sumber: Instagram.com/kartikadewi20)

4. Salah satu rahasia adik Sandra Dewi bisa awet muda ialah rajin berolahraga.

Sudah Berusia 35 Tahun, Ini 6 Pesona Kartika Adik Sandra Dewi yang Awet Muda (sumber: Instagram.com/kartikadewi20)

5. Selain berolahraga, Kartika juga kerap membagikan aktivitas membaca bukunya di Instagram.

Sudah Berusia 35 Tahun, Ini 6 Pesona Kartika Adik Sandra Dewi yang Awet Muda (sumber: Instagram.com/kartikadewi20)

5. Anggota tim sales televisi swasta ini juga kerap berfoto bersama keponakannya, Mikhael Moeis.

Sudah Berusia 35 Tahun, Ini 6 Pesona Kartika Adik Sandra Dewi yang Awet Muda (sumber: Instagram.com/kartikadewi20)

6. Pemilik zodiak Libra tersebut sangat dekat dengan kakaknya, Sandra Dewi. Bila diperhatikan, wajah keduanya sangat mirip kan?

Sudah Berusia 35 Tahun, Ini 6 Pesona Kartika Adik Sandra Dewi yang Awet Muda (sumber: Instagram.com/kartikadewi20)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN Minta Pemerintah Hati-Hati Betul Sebelum Terapkan Sertifikat Layak Nikah

Posted: 15 Nov 2019 08:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR mempertanyakan rencana pemerintah menerapkan program sertifikatperkawinan sebagai salah satu syarat untuk menikah. Salah satunya datang dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI. PAN meminta pemerintah mengkaji secara mendalam rencana yang diwacanakan Menko PMK tersebut.

"Harus dikaji betul. Harus hati-hati betul karena itu urusan sangat pribadi," kata Anggota DPR Yandri Susanto saat dikonfirmasi, Sabtu (16/11/2019).

Yandri menilai, penerapan syarat tersebut berpotensi membuat kegaduhan di masyarakat. Apalagi, parameter seseorang layak atau tidak menikah menurutnya tidak bisa dinilai peemrintah. "Berpotensi bikin gaduh ya, ini parameternya juga apa?," katanya.

Sebelumnya, Komisi VIIII yang bermitra dengan Kemenag juga mempertanyakan wacana sertifikat nikah itu.  Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang mengatakan urusan privat tidak sepantasnya pemerintah ikut campur terlalu jauh.

"Tak pantas itu diurus pemerintah, karena urusan yang sangat pribadi," kata Marwan.

Marwan menyebut urusan izin nikah bukan merupakan tupoksi teknis Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, melainkan Kementerian Agama.

"Itu bukan urusan Kemenko PMK, biarkan saja nikah diurus Kemenag. Itu (Syarat sertifikat) mengacaukan dan benar-benar cara berpikir birokrat dengan semua urusan diformalkan," tegasnya.

 

 

Sertifikat Jamin Tidak Cerai?

Alasan Kemenko PMK yang ingin memutahirkan perizinan nikah di Indonesia lewat sertifikat, dinilai Marwan tidak relevan. "upgrade apa? kalau lulus dan mendapatkan sertifikat siapa yang jamin tidak cerai? kalau masih cerai apa status sertifikat itu sama saja fungsi dengan khutbah nikah sekedar nasehat," ucapnya.

Politikus PKB itu menegaskan, pemerintah tidak bisa mengukur kelayakan seseorang layak atau tidak untuk menikah."Bagaimana mengukur seseorang layak mendapatkan sertifikat?," ia menandaskan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Menarik Lorenzo Usai Pensiun MotoGP

Posted: 15 Nov 2019 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jorge Lorenzo putuskan pensiun dari MotoGP di usia 32 tahun. Di musim terakhir, ia mengalami nasib kurang baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sejarah, Finlandia Lolos Piala Eropa 2020

Posted: 15 Nov 2019 08:05 PM PST

Pemain Finlandia Jasse Tuominen (kedua kiri) menggiring bola melewati para pemain Liechtenstein pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Pemain Finlandia Jasse Tuominen (kedua kiri) menggiring bola melewati para pemain Liechtenstein pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Pemain Finlandia Teemu Pukki (tengah) mencetak gol ke gawang Liechtenstein pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Pemain Finlandia Teemu Pukki (tengah) mencetak gol ke gawang Liechtenstein pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Pemain Finlandia Teemu Pukki mencetak gol ke gawang Liechtenstein lewat tendangan penalti pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Pemain Finlandia Teemu Pukki mencetak gol ke gawang Liechtenstein lewat tendangan penalti pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Pemain Finlandia Teemu Pukki (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liechtenstein pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Pemain Finlandia Teemu Pukki (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liechtenstein pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Suporter Finlandia bergabung dengan para pemain untuk merayakan kemenangan mereka atas Liechtenstein pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

Suporter Finlandia bergabung dengan para pemain untuk merayakan kemenangan mereka atas Liechtenstein pada babak kualifikasi Grup J Piala Eropa 2020 di Helsinki, Finlandia, Jumat (15/11/2019). Finlandia mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Eropa. (Martti Kainuleinen/Lehtikuva via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Serikat Pekerja Semen di Tengah Ancaman PHK Massal

Posted: 15 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Bak bola salju, wacana larangan impor tengah bergulir di pemerintahan. Wacana tersebut dianggap sebagai momen bagi para pekerja industri semen Indonesia untuk menolak semen impor.

Para pekerja semen yang tergabung dalam Federasai Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (FSP ISI) meminta, pemerintah berperan aktif agar larangan impor bahan baku juga dilakukan pada industri semen.

"Semuanya akan terkena imbas kalau ada impor termasuk di industri semen. Termasuk yang ada di Cirebon," kata Ketua Umum FSP ISI Kiki Walansyah melalui pesan singkat, Jumat (15/11/2019).

FSP ISI mengungkapkan saat ini industri semen nasional dinilai tengah terpuruk. Keterpurukan industri semen tersebut akan lebih terlihat apabila keran impor semen dan clinker (bahan semen setengah jadi) masih tetap dibuka.

Gencarnya impor semen dan clinker tersebut menyebabkan suplai berlebih. Kiki khawatir, suplai semen dan clinker yang berlebih akan berdampak kepada pekerja.

"Kami sangat khawatir ada PHK massal karena perusahaan memilih impor bahan baku dari luar," kata dia.

Kiki mengaku aspirasi yang dikhawatirkan FSP ISI sudah pernah disampaikan kepada DPR RI. FSP ISI menggelar hearing bersama Komisi VI DPR RI bidang industri, investasi dan persaingan usaha).

Pada pertemuan tersebut, FSP ISI mendorong Komisi VI DPR RI untuk mencabut Permendag Nomor 7 Tahun 2018 tentang ketentuan impor semen dalam negeri.

"Dampaknya bisa terjadi pengurangan pegawai pabrik jumlahnya sampai 500 orang," ujar dia.

Harga Semen Jatuh

Hearing Komisi VI DPR RI dengan Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia. Foto (Istimewa)

Menurut dia, keberadaan permen tersebut dinilai menjatuhkan harga semen dalam negeri. Selain berdampak pada PHK massal, moratorium pabrik semen baru akibat kelebihan suplai juga terjadi.

"Over suply hingga 40 juta ton dan kami terus menindaklanjuti ke KPPU tentang Praktek Predatory Pricing yang sudah di ajukan oleh FSP ISI," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan Komisi VI DPR RI Mohammad Haekal mengaku akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Kemendagri.

Namun, dia meminta detail serta data laporan akurat terkait apa yang sudah menjadi keluhan dan kekhawatiran serikat pekerja. Komisi VI DPR RI mengaku siap bersama mempertahankan industri semen di Indonesia.

"Kami minta detail sebagai bahan kajian untuk memenangkan usulan tersebut dengan tujuan menyelamatkan industri semen nasional," kata dia.

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan akan segera mungkin menggelar raker dengan menteri perdagangan. Salah satu materinya adalah menyampaikan materi hasil audiensi dengan FSP ISI.

"Serta mengundang kembali pelaku usaha industri semen nasional ataupun pabrik semen baru dan serikat pekerja yang tergabung di FSP ISI," ujar Andre.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zee Zee Shahab Hobi Lari Sampai Pernah Cedera Hingga Jalan Terseok-seok

Posted: 15 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah cukup lama Zee Zee Shahab vakum dari dunia televisi. Saat ini istri Prabu Revolusi itu tengah menggeluti bidang lain yaitu olahraga lari. 

Menurut Zee Zee Shahab, lari adalah olahraga paling menyenangkan. Ia juga bisa memotivasi orang lain untuk hidup sehat dengan rutin berlari.

"Iya lagi suka olahraga. Sekarang ini lagi happening banget sama lari. Senang sekali, ketika berolahraga banyak yang terinspirasi," ungkap Zee Zee Shahab di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

 

Gampang

(Instagram/zeezeeshahab)

Ia pun mengungkap mengapa lebih memilih jenis olahraga lari ketimbang yang lainnya. Itu karena lari bisa dilakukan di mana pun dan tak memerlukan alat penunjang. 

"Lari itu paling gampang dan nggak perlu cari tempat. Lebih murah ketimbang yang lain, jadi aku lagi ketagihan sama lari," ucap ibu dari dua anak tersebut.

 

Semangat

Zee Zee Shahab

Saat sedang semangat berlari, Zee Zee Shahab pernah mengalami cedera. Keadaan ini membuat ruang gerak ya menjadi sangat terbatas untuk jangka waktu yang cukup lama. 

"Drama lari pasti cedera. Awalnya sih saat lari cedera karena sepatu dan teknik lari (yang salah) jadi cedera. Jadi selama dua bulan aku terseok-seok jalannya," ungkapnya.

 

Penghalang

Namun cedera tersebut tak menjadi penghalang baginya untuk tetap menekuni hobinya itu. Zee Zee Shahab bahkan pernah mengikuti kompetisi marathon pada Maret dan Juni 2019. 

"Tapi belum dapat penghargaan, karena pasti atlet yang finish pertama. Finish marathon aja bisa 5 sampai 6 jam baru bisa sampai ke finish. Yang bisa cepat sampai finish adalah atlet," Zee Zee Shahab mengakhiri. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selfie di Air Terjun Thailand, Wisatawan Prancis Tewas Terjatuh

Posted: 15 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Seorang turis Prancis tewas setelah jatuh dari air terjun ketika mencoba melakukan selfie di Thailand. Kecelakaan itu terjadi pada Kamis 14 November sore di pulau tropis Koh Samui, yang pantai-pantainya berpasir putih dan telah menjadi magnet bagi para backpacker hingga turis kelas atas.

Dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (16/11/2019), pria berusia 33 tahun itu jatuh dari air terjun Na Mueang 2, tempat yang sama di mana seorang turis Spanyol juga meninggal pada musim gugur di bulan Juli lalu, lapor Letnan Phuvadol Viriyavarangkul dari polisi pariwisata pulau itu kepada AFP.

"Butuh beberapa jam untuk mengambil jenazahnya karena air terjunnya licin dan curam," katanya melalui telepon, menambahkan bahwa tempat itu diberi pembatas berupa tali dan ada tanda yang memperingatkan wisatawan akan bahaya.

"Temannya berkata dia sedang mencoba selfie dan kemudian dia terpeleset kemudian jatuh," ia menambahkan.

Thailand selama ini telah dianggap sebagai tujuan yang aman bagi wisatawan dan biasanya menarik lebih dari 35 juta pengunjung setiap tahunnya.

Tetapi industri pariwisata Thailand berubah pada 2018 setelah sebuah feri yang membawa pengunjung Tiongkok di selatan negara itu tenggelam tahun lalu dan menewaskan 47 orang.

Kecelakaan itu menyoroti lemahnya aturan keselamatan di sektor pariwisata dan pihak berwenang telah berjuang untuk memulihkan citra negara itu sejak itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tips Tarik Uang di ATM Pakai Smartphone Paling Hits

Posted: 15 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata ada cara sederhana dan gampang yang memungkinkan kita untuk menarik uang tunai di ATM cuma pakai smatphone (tanpa kartu ATM).

Cara ini pun menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (15/11/2019) kemarin.

Berita lain yang tak kalah hits datang dari percakapan soal Ahok di media sosial. Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Cara Ambil Uang di ATM Cuma Pakai Smartphone

Fungsi kartu debet untuk mengambil uang di ATM bukan tidak mungkin akan tergeser di masa depan. Alasannya, saat ini sudah ada opsi penarikan uang dengan memanfaatkan smartphone yang disediakan sejumlah bank.

Cara ini harus diakui membantu bagi kamu yang sering ketinggalan dompet atau malas terlalu banyak membawa kartu debet. Sebab, kamu cukup membawa smartphone untuk beragam kebutuhan.

Meski kehadiran fitur ini cukup membantu, belum banyak pengguna smartphone yang mengetahuinya. Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan menghimpun cara mudah untuk menarik uang dari ATM memanfaatkan smartphone berikut ini.

Baca selengkapnya di sini

2. Percakapan Ahok Jadi Direktur BUMN: Ramai Soal Pertamina hingga Kasus Hukum

Beberapa hari belakangan ini wacana Ahok jadi direktur BUMN ramai diperbincangkan. Pria bernama asli Basuki Tjahaja Purnama itu diketahui telah mendatangi kantor kementerian BUMN pada Rabu (13/11/2019).

Kali ini Tekno Liputan6.com menelaah wacana Ahok jadi direktur BUMN dengan merujuk pada percakapan warganet di Twitter.

Grafik di bawah menampilkan lima puluh kata dengan frekuensi tertinggi, yang bersumber pada sampel sebelas ribu twit tentang wacana Ahok menjadi direktur BUMN. Kata-kata dengan frekuensi tertinggi itu antara lain ahok, yang, bumn, jadi, di, dan seterusnya.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Facebook Perbaiki Bug yang Bikin Aplikasi Akses Kamera Tanpa Izin

Ilustrasi Facebook. Dok: theverge.com

Facebook memperbaiki bug yang membuat aplikasi mengakses kamera iPhone tanpa izin pengguna.

Mengutip laman The Next Web, Jumat (15/11/2019), Facebook menghilangkan bug tersebut melalui update aplikasi versi terbaru yang bisa diunduh di App Store.

Sebelumnya, sejumlah pengguna melaporkan bahwa mengakses kamera iPhone milik pengguna, saat pengguna tengah memakai aplikasi media sosial itu. Parahnya, akses kamera ini dilakukan tanpa izin dari si pengguna.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Din)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singkirkan Bau Mulut dengan 4 Langkah Ampuh Ini

Posted: 15 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut menjadi mimpi buruk bagi semua orang. Bau mulut yang tidak sedap membuat orang tidak percaya diri saat berbicara.

Secara medis bau mulut dikenal sebagai halitosis yang disebabkan karena buruknya kebiasaan perawatan kesehatan gigi yang dilakukan. Jenis makanan yang dikonsumsi, merokok, serta gaya hidup yang tidak sehat lainnya dapat semakin memperparah bau mulut. 

Namun, bagaimana caranya agar bau mulut dapat diatasi? Jangan khawatir, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menyingkirkan bau mulut, seperti dilansir dari Mens Health, Sabtu (16/11/2019):

1.  Flossing dan sikat gigi

Flossing adalah salah satu teknik membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi. Membersihkan gigi dengan benang gigi dapat menjangkau sisa makanan yang tidak dapat dibersihkan sikat gigi.

Bila dua hal ini dilakukan secara teratur dan rutin dapat membantu menghilangkan bau mulut. Membiarkan bau mulut dapat mendatangkan masalah dan penyakit mulut lainnya seperti penyakit gusi yang akan memperburuk bau mulut.

2. Membersihkan lidah

Lidah dapat menyebabkan bau mulut karena tanpa disadari bakteri dan plak dapat tumbuh dan bersarang di lidah. Membiarkan kondisi ini akan membuat napas menjadi bau.

Sebuah studi pada 2018 dalam Journal of Applied Oral Science menemukan bahwa orang yang membersihkan lidah mereka dengan teknik "X" merasa napas mereka lebih segar. hal ini terjadi karena bakteri di lidah berkurang.

Membersihkan lidah dengan teknik "X dilakukan dengan cara menggosok secara perlahan mulai dari pangkal lidah paling dalam sampai bagian ujung lidah.

Walaupun sedikit rumit, lakukan pola ini secara rutin. Hasil terbaik terbukti pada orang yang telah menerapkan pola ini sebanyak enam kali.

Andrew Sullivan, D.D.S., Ketua Departemen Periodontik di Rutgers School of Dental Medicine mengatakan apapun teknik yang digunakan, ketelitian adalah yang terpenting. Area lidah bagian belakang sangat perlu untuk dibersihkan.

"Pastikan untuk membersihkan area lidah bagian belakang, di mana banyak bakteri yang menyebabkan halitosis berkumpul di sana," ungkap Sullivan.

 

3. Minum air putih

Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

Mulut yang kering memungkinkan sel-sel kering dapat menumpuk di lidah, gusi, dan juga pipi. Air liur yang cukup menjaga agar mulut tetap lembap.

Tanpa kelembapan yang cukup, bakteri dapat hidup dan berkembang biak di mulut. Kondisi ini menghasilkan molekul berupa belerang yang pada dasarnya menimbulkan bau.

Minum air yang cukup saat mulut terasa kering. Selain itu, bagi yang mengunakan mouthwash atau obat kumur gunakan produk yang tepat. Obat kumur yang mengandung alkohol dapat membuat mulut tambah kering dan napas menjadi tidak sedap.

"Obat kumur anda dapat menyebabkan kerusakan, jika anda menggunakan obat kumur yang salah," terang Jonathan Levine, D.D.S.

4. Mengunyah permen karet

Jika dalam kondisi terdesak dan bau mulut sangat mengganggu, menutupinya dengan mengunyah permen karet adalah solusi yang dapat dicoba.

Permen karet sangat baik dalam menyamarkan bau mulut. Ketika selesai mengonsumsi makanan dengan bau menyengat seperti bawang merah dan bawang putih, tidak ada salahnya untuk mengunyah beberapa permen karet sebagai usaha menghilangkan bau mulut.    

 

Penulis: Winda Nelfira

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: