Sabtu, 02 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadwal MotoGP Malaysia: Tantangan Rossi Raih Podium

Posted: 02 Nov 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Sepang - MotoGP Malaysia 2019 digelar siang ini di Sirkuit Sepang, Malaysia. Pembalap veteran Valentino Rossi punya kans besar kembali meraih podium.

Pasalnya, pembalap asal Italia ini akan memulai balapan MotoGP Malaysia 2019 di posisi enam. Peluang untuk naik podium terbuka lebar karena Marc Marquez akan memulai balapan di urutan 11. Andrea Dovizioso juga harus start di posisi 10.

Tiga pembalap yang akan start di grid terdepan sama-sama menunggangi motor Yamaha seperti Rossi. Fabio Quartararo akan memulai balapan MotoGP Malaysia di pole position, diikuti Maverick Vinales dan Franco Morbidelli.

Rossi sudah lama tidak naik podium di MotoGP 2019. Terakhir kali pemilik nomor 46 itu berada di posium pada MotoGP Austin di seri ketiga.

Berikut ini jadwal balapan MotoGP Malaysia 2019 selengkapnya di halaman berikutnya:

Jadwal

3 November 2019

08.40 - 09.00 WIB: Sesi pemanasan

14.00 WIB: Balapan

Live di Trans 7

Hasil Kualifikasi

MotoGP Malaysia digelar siang ini. (AFP Photo/Paul Crock)

1. Fabio Quartararo: 1 menit 58,303 detik

2. Maverick Vinales: +0,103

3. Franco Morbidelli: +0,129

4. Jack Miller: +0,422

5. Cal Crutchlow: + 0,648

6. Valentino Rossi: +0,697

7. Alex Rins : +0787

8. Petrucci: +0,794

9. Johan Zarco: +0,836

10. Andrea Dovizioso: +0,870

11 Marc Marquez SPA

12 Francesco Bagnaia

13 Joan Mir

14 Aleix Espargaro

15 Pol Espargaro

16 Karel Abraham

17 Andrea Iannone

18 Jorge Lorenzo

19 Mika Kallio

20 Hafizh Syahrin

 

 

Klasemen MotoGP 2019

1. Marc Marquez (Honda): 375 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati): 240 poin

3. Alex Rins (Suzuki): 183 poin

4. Maverick Vinales (Yamaha): 176

5. Danilo Petrucci (Ducati): 169 poin

6. Fabio Quartararo (Yamaha): 163 poin

7. Valentino Rossi (Yamaha): 153 poin

8. Jack Miller (Ducati): 141 poin

9. Cal Crutchlow (Honda): 133 poin

10. Franco Morbidelli (Yamaha): 105 poin

11. Pol Espargaro (KTM): 89 poin

12. Joan Mir (Suzuki): 77 poin

13. Takaaki Nakagami (Honda): 74 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia): 53 poin

15. Francesco Bagnaia (Ducati): 50 poin

16. Andrea Iannone (Aprilia): 43 poin

17. Miguel Olivieira (KTM): 33 poin

18. Johann Zarco (Honda): 30 poin

19. Jorge Lorenzo (Honda): 23 poin

20. Tito Rabat (Ducati): 18 poin

21. Hafiz Syahrin (KTM): 8 poin

22. Mika Kallio (KTM): 6 poin

23. Karel Abraham (Ducati): 5 poin

 

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Merawat Wajah Gunakan Es Batu ala Bella Hadid

Posted: 02 Nov 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Waktu yang dimiliki Bella Hadid sangat padat. Ia bisa terbang selama 40 jam mengejar acara ke acara lainnya di berbagai kota bahkan negara berbeda. Namun, ia tetap tampil cantik dan segar, tidak terlihat seperti orang yang kelelahan sehabis perjalanan jauh.

Melansir dari Vogue pada Kamis, 31 Oktober 2019, model berkebangsaan Amerika Serikat ini bertemu dengan penata rias selebriti Amerika Serikat, Sam Visser. Ia menyarankan kepada Bella untuk membeli es batu.

"Bella baru datang dari minggu panjang dalam penerbangan, jadi kami ingin memberinya penyegaran instan sebelum pemotretan lain," kata Visser.

Visser mengajari Bella Hadid untuk mengusap es batu ke wajah. Menurut Visser, es batu dapat menjaga dan mencerahkan kulit, sementara efek dinginnya bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Setelah mengaplikasikan es batu ke seluruh wajah, Visser merias Hadid dengan olesan tipis foundation dengan primer ringan. Lalu, ia menambah warna emas di sepanjang kontur wajah Bella.

"Es batu sangat penting dalam tahap persiapan riasan, karena bisa menjaga riasan tipis dan membuat wajah tetap bersinar," kata Visser. Visser merekomendasikan es batu untuk perawatan sehari-hari karena membantu kulit bersinar secara alami.

Jangan Ditempel Langsung

Dampak terlalu sering mengunyah es batu

Ahli facial selebriti dan pendiri klinik perawatan wajah yang diambil dari namanya sendiri, Joanna Czech, mengatakan bahwa es batu sangat disarankan untuk perawatan wajah. Terutama bagi yang hendak menggunakan make up.

Es batu bisa menyegel bahan-bahan make up yang diaplikasikan ke wajah, sehingga menjaga kelembapan kulit dan make up yang tahan lama. Selain itu juga dapat mencerahkan dan melembutkan kulit. Tapi, ia menyarankan agar es batu dibungkus kain kasa jika ingin diaplikasikan ke wajah.

Joanna juga menjelaskan bahwa pijatan es batu selama lima menit di wajah bisa membentuk kontur dan mengencangkan kulit wajah. Selain Bella, model Kate Moss juga menggunakan es batu untuk perawatan wajah. Bahkan, model legendaris Joan Crawford rutin menyelupkan wajahnya di bak air dingin untuk menetralkan bengkak di pagi hari.

"Tapi jika kulit Anda sensitif, jangan sembarangan mengaplikasikan es batu secara langsung," kata Joanna. Ia menyarankan agar mencelupkan handuk ke air dingin, baru oleskan ke wajah. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Shopee Liga 1 2019: Madura United vs Persipura di Indosiar

Posted: 02 Nov 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Madura United harus menghadapi Persipura Jayapura pada pertandingan pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019. Duel itu bakal berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Minggu malam (3/11/2019).

Madura United dalam motivasi tinggi untuk memenangi pertandingan ini.. Mereka ingin meneruskan catatan kemenangan yang bakal membuat koleksi poin mendekati Bali United.

Madura United bisa menurunkan kekuatan penuh dalam upaya menjungkalkan Persipura. Tak ada pemain mereka yang terkena hukuman akumulasi kartu. Hanya Diego Assis saja yang masih diragukan tampil karena cedera.

Bagi Persipura laga melawan Madura United ini, tim Mutiara Hitam bahkan lebih bersemangat memenangi pertandingan.

Pasalnya, Madura United merupakan titik balik bagi karier pribadi Jacksen Tiago dan Persipura. Pada putaran pertama, kemenangan Mutiara Hitam di Jayapura menandai kembalinya pelatih asal Brasil itu, setelah mengundurkan diri dari Barito Putera.

Live Streaming Indosiar Madura United vs Persipura dapat Anda saksikan mulai pukul 18.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Indosiar Madura United vs Persipura di Shopee Liga 1 2019 pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Madura United vs Persipura silakan klik di sini....

Prediksi Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Mackho Meraudje, Jaimerson Xavier, Ante Bakmaz, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Zulfiandi, Diego Assis (tengah); Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo (depan)

Pelatih: Rasiman

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Israel Wamiau, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Yohanis Tjoe (belakang), Ian Kabes, Muhammad Tahir, Todd Rivaldo Ferre (tengah), Titus Bonai, Boaz Solossa, Mamadou Samassa (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago (Brasil)

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ITZY Akhiri Showcase di Jakarta, Para Personelnya Berkaca-kaca

Posted: 02 Nov 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - ITZY telah menggelar showcase perdananya di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Showcase bertajuk "ITZY Premiere Showcase Tour ITZY? ITZY!" Ini dihadiri oleh ribuan Midzy.

Ada momen mengharukan jelang showcase berakhir. Setelah menyanyikan lagu "Cherry", penonton seisi venue mengangkat banner bertuliskan "In Itzy We Midzy".

Momen ini rupanya sangat menyentuh hati kelima anggota ITZY, hingga mereka berkaca-kaca. Girlband rookie ini merasa begitu dicintai dan dihargai oleh Midzy Indonesia.

Terharu

ITZY (Liputan6.com/ Zulfa Ayu Sundari)

"Aku terharu," ucap Lia dengan senyuman. Penonton lalu meneriakkan kata "Saranghae!" yang berarti aku mencintaimu.

"Kita juga sayang kalian semua kalian terbaik," teriak Lia sambil menahan air matanya agar tidak jatuh.

 

Video Para Personel

Bentuk cinta fans Indonesia untuk ITZY, ICY jadi video trending di YouTube. (YouTube JYP Entertainment)

Tak lama kemudian diputarkan video yang memperlihatkan kelima anggota ITZY saat menjalani masa pelatihan. Melihat cuplikan video tersebut, Yuji CS kembali terharu.

"Ada scene pas masih training. Saat itu kami berjuang meraih impian kami. Kami berterima kasih sama kalian semua Midzy!" ungkap Yuna.

Bangga

ITZY (Liputan6.com/ Zulfa Ayu Sundari)

Girlband asuhan JYP Entertainment ini sangat bangga bisa menggelar showcase perdananya di Jakarta. Mereka berharap dapat kembali untuk menggelar konser solo.

"Kami berterima kasih kepada kalian yang telah hadir di acara ini semoga bisa jadi memori yang baik antara ITZY dan Midzy," kata Yeji.

Penutupan

Rangkaian showcase ini kemudian ditutup dengan persembahan dua lagu andalan mereka, "Want It" dan "Dalla Dalla". Tak hanya ITZY, ribuan Midzy pun meninggalkan venue dengan gembira.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Dorong Dialog Tuntaskan Krisis Kemanusiaan di Rakhine State

Posted: 02 Nov 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Presiden Jokowi memastikan, Indonesia menaruh perhatian besar bagi upaya pemulihan situasi dan keamanan di Rakhine State, Myanmar.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri sesi Pleno KTT ke-35 ASEAN yang digelar di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu 2 November 2019.

"Saya yakin kita semua mengharapkan agar situasi di Rakhine State dapat segera kembali normal," kata Jokowi seperti yang dilansir dari Antara, Minggu (3/11/2019).

Dalam kegitan itu para pemimpin ASEAN terus mengupayakan repatriasi secara sukarela, aman, dan bermartabat bagi para pengungsi di Rakhine State. Para pemimpin ASEAN juga sepakat untuk berkontribusi dalam mendukung upaya tersebut.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyatakan, saat sesi pleno Presiden Jokowi sempat menawarkan saran dan pandangan bagi penyelesaian isu kawasan. Pertama yakni perlu diteruskannya dialog dengan para perwakilan pengungsi yang saat ini berada di Cox's Bazaar.

"Karena dengan dialog dan komunikasi maka akan muncul trust, dan trust ini akan sangat besar artinya bagi persiapan repatriasi yang sukarela, aman, dan bermartabat," ujar Retno.

Selanjutnya sebagai bagian dari upaya penanganan, Indonesia sepenuhnya mendukung usulan untuk mendirikan satuan tugas ad-hoc di Sekretariat ASEAN yang fokus memantau pelaksanaan rekomendasi tim Preliminary Needs Assessment (PNA).

Kontribusi di Myanmar

Presiden Jokowi Menggelar Pertemuan Bilateral dengan Sekjen PBB, Antinio Guterres di Pleno KTT ke-35 ASEAN, Bangkok, Thailand, Minggu (3/11/2019). (Foto: Biro Pers Setpres)

Selain itu, Indonesia juga menyatakan kesiapannya untuk berkontribusi agar satuan tugas ad-hoc dapat segera terbentuk dan bekerja.

"Para pemimpin ASEAN sudah menyepakati akan dilakukan pendirian ad-hoc task force di Sekretariat ASEAN dan Bapak Presiden sudah menyampaikan bahwa Indonesia siap untuk memberikan kontribusi agar satuan tugas tersebut dapat segera terbentuk", ucapnya.

Rekomendasi ketiga, kata Retno, Indonesia mengharapkan agar prioritas proyek dan kegiatan-kegiatan sebagai implementasi rekomendasi PNA yang telah disepakati dalam 2nd Technical Working Group antara ASEAN dan Myanmar bulan Oktober 2019 lalu, dapat segera dijalankan.

"Untuk mendorong implementasi prioritas proyek dan kegiatan, Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia juga siap memberikan kontribusi," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akui Depresi dan Pamit dari Instagram, Ini 7 Unggahan Terakhir Salmafina

Posted: 02 Nov 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Salmafina Sunan mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Putri dari pengacara kondang Sunan Kalijaga ini memang sering menjadi sorotan netizen.

Meski sering mendapat sorotan dan berbagai komentar dari netizen, akan tetapi perempuan 20 tahun ini tetap membuktikan dirinya bisa sukses. Ia saat ini juga dikenal sebagai salah satu selebgram ternama di media sosial.

Namun, pada Sabtu (2/11/2019) lalu ia justru mengejutkan netizen karena keinginannya untuk pamit dari Instagram. Keinginan Salmafina Sunan untuk berhenti sementara dari media sosial ia ungkapkan melalui Instagram Stories miliknya.

"Hai semua. Mulai 3 November aku tak akan menggunakan Instagram lagi untuk waktu yang belum bisa ditentukan," tulis Salma pada Instagram Stories pribadinya.

 

Salmafina Sunan (Sumber: Instagram/salmafinasunan)

Pada unggahan tersebut, ia juga mengaku telah lelah dan depresi akibat komentar netizen.

"Aku lelah,aku depresi, aku gelisah, aku begitu penuh dengan pikiran negatif saat ini. Aku butuh mengembalikan hidupku. Ini (Instagram) platform yang berguna, tapi juga benar-benar membuatku takut," lanjutnya.

Salma mengaku akan pamit dari Instagram karena melihat terlalu banyak komentar negatif pada media sosialnya. Meski begitu, ia pun tetap akan mengunggah endorse di media sosial tersebut. Sebelumnya, Salmafina Sunan memang diketahui aktif mengunggah berbagai kegiatannya di media sosial. Mulai dari berlibur, kegiatan beribadah, hingga menikmati waktu bersama keluarganya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @salmafinasunan, Minggu (3/11/2019) berikut ini beberapa unggahan terbaru Salmafina sebelum mengaku depresi dan memutuskan pamit dari Instagram.

1. Salmafina Sunan cukup sering mengunggah berbagai aktivitasnya di akun Instagram.

Salmafina Sunan (Sumber: Instagram/salmafinasunan)

2. Ia juga diketahui mengikuti perayaan pesta Halloween dengan mengenakan kostum busana pengantin.

Salmafina Sunan (Sumber: Instagram/salmafinasunan)

3. Penampilan Salmafina Sunan terlihat memesona.

Salmafina Sunan (Sumber: Instagram/salmafinasunan)

4. Salmafina juga sering mengunggah foto saat berlibur.

Salmafina Sunan (Sumber: Instagram/salmafinasunan)

5. Terbaru ia tengah menikmati liburan di Pulau Bali.

Salmafina Sunan (Sumber: Instagram/salmafinasunan)

6. Ia juga sempat mengunggah foto dirinya saat tak menggunakan makeup di Instagram pribadinya.

Salmafina Sunan (Sumber: Instagram/salmafinasunan)

7. Keputusan Salmafina untuk berhenti sejenak dari media sosial ini mendapat sorotan netizen.

Salmafina Sunan (Sumber: Instagram/salmafinasunan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Afridza Munandar dan Marco Simoncelli Abadi di Sirkuit Sepang

Posted: 02 Nov 2019 09:20 PM PDT

Sepang - Meninggalnya pembalap muda Indonesia Afridza Munandar saat berlomba pada Asia Talent Cup 2019, meninggalkan kisah kelam di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Afridza Munandar tutup usia setelah mengalami kecelakaan di tikungan 10 lap pertama pada balapan kedua Asia Talent Cup 2019, Sabtu (2/11/2019). Pembalap berusia 20 tahun binaan Astra Honda Motor ini tak tertolong meski sudah diterbangkan ke rumah sakit di Kuala Lumpur. 

Meninggalnya Afridza mengingatkan pada tragedi yang menimpa pembalap MotoGP, Marco Simoncelli pada 23 Oktober 2011 atau delapan tahun yang lalu.

Simoncelli meninggal setelah mengalami kecelakaan yang melibatkan Colin Edwards dan Valentino Rossi. Ketika mencoba menyalip Alvaro Bautista di tikungan ke-11, Simoncelli kehilangan kendali hingga terjatuh. 

Pada saat bersamaan, melaju Edwards. Pembalap yang membela Yamaha Tech 3 itu menabrak bagian bawah tubuh Simoncelli. Kemudian disusul dengan Rossi yang menyambar bagian kepalanya.

Edwards terseret keluar trek dan mengalami dislokasi bahu. Rossi selamat karena mampu menguasai motornya. Helm Simoncelli terlepas dari kepalanya ketika ditabrak Rossi.

Sama seperti mendiang Afridza Munandar, Simoncelli juga dievakuasi menuju rumah sakit di Kuala Lumpur dalam keadaan kritis. Simoncelli meninggal dunia karena mengalami luka parah di kepala, leher, dan dada.

Dunia Balap Berduka

Marco Simoncelli_(AFP/Vincenzo Pinto)

Seluruh dunia ketika itu langsung berduka karena Simoncelli meninggal dunia pada usia yang masih relatif muda yakni 24 tahun. Jenazahnya kemudian langsung diterbangkan ke kampung halamannya di Italia.

Pemakaman pembalap yang identik dengan rambut kribo itu diadakan empat hari kemudian yang dihadiri lebih dari 20 ribu pelayat dari berbagai negara. Prosesi pemakaman juga disiarkan langsung oleh stasiun televisi lokal.

Sepekan setelah kematian Marco Simoncelli, Sirkuit Misano Italia memberikan penghormatan dengan berganti nama menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli. Selain itu, pembalap yang identik dengan nomor 58 itu diabadikan pada perangko yang bisa dibeli di San Marino dengan harga 2 euro.

Indonesia Kehilangan

Afridza Munandar meninggal dunia menyusul balapan Idemitsu Asia Talent Cup di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019). (Dok MotoGP)

Indonesia kehilangan besar atas kepergian Afridza Munandar. Ia merupakan pembalap muda yang berprestasi di ATC dan telah dua kali meraih juara. 

Pada musim ini, sebelum berpulang, Afridza menempati posisi ketiga klasemen sementara. Ia pun berpeluang untuk meraih juara apabila naik podium. Namun, takdir berkata lain. Tuhan menjemput Afridza lebih cepat. 

Sejumlah pembalap dunia pun ikut berduka. Mulai sang juara MotoGP 2019 Marc Marquez, Alex Rins, Jorge Lorenzo, hingga Fabio Quartararo.

Menurut keterangan Honda, pihak KBRI Kuala Lumpur akan membantu untuk pemulangan jenazah Afridza. Dikabarkan, kepolisian Malaysia juga akan menyelidiki kecelakaan tersebut.

Astra Honda Racing Team berharap seluruh masyarakat Indonesia memberikan doa untuk pembalapnya tersebut.

Selamat jalan, Afridza. 

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi / Editor Aning Jati, Published 03/11/2019)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi dan Pariwisata Bali Bisa Tumbuh Dengan Desain Baru Penataan Pelabuhan Benoa

Posted: 02 Nov 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengembangan dan penataan Pelabuhan Benoa kini memasuki fase baru. Setelah mendapatkan masukan dan usulan dari berbagai pihak, pengembangan pelabuhan oleh Pelindo III sebagai pengelola Pelabuhan Benoa, menunjukkan rancangan kawasan akan dikelola sebagian besar sebagai hutan kota, dan sebagian lagi digunakan untuk terminal energi, industri perikanan, dan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL). 

"Industri perikanan di Pelabuhan Benoa adalah salah satu yang terbesar di Indonesia, terutama pengolahan tuna. Dengan adanya pengembangan kawasan industri perikanan dan pengolahan ikan di Benoa, industri perikanan dan nelayan setempat dapat memanfaatkan fasilitas yang ada sehingga ekspor tuna dapat ditingkatkan lebih maksimal. Yang fresh bisa langsung dikirimkan melalui Bandara Ngurah Rai, sedangkan yang beku bisa dikirim melalui Pelabuhan Benoa," ujar Direktur Utama Pelindo III seusai rapat koordinasi bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kota Denpasar, di rumah dinas Gubernur Bali, Sabtu (02/11). 

Gubernur Bali Wayan Koster mengaku gembira pengembangan Pelabuhan Benoa akhirnya desain final disepakati bersama dan menampung aspirasi banyak pihak. Ia berjanji untuk mengawal dan memonitor pelaksanaannya.

"Semua pihak telah bekerja untuk kebaikan bersama. Ini akan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat Bali," imbuhnya. 

Doso Agung menjelaskan, apabila dermaga Pelabuhan Benoa nanti telah jadi, kapal-kapal cruise yang bersandar di sana dapat dikelola secara lebih profesional, dan dapat didorong untuk menikmati wisata di luar kapal.

"Rata-rata sandar kapal cruise itu bersandar antara 6 hingga 8 jam, sehingga dengan pengelolaan yang profesional, mulai dari upacara penyambutan, atraksi, transportasi ke tempat-tempat wisata menarik dan sentra suvenir di luar pelabuhan, mereka dapat menggerakkan industri pariwisata. Selama ini, kapal-kapal tersebut tidak dapat sandar dan wisatawan harus diangkut dengan kapal-kapal yang lebih kecil. Itu membuat mereka juga enggan turun ke darat menikmati indahnya Bali,"ujarnya. 

Selain potensi pariwisata, menurut Doso Agung, penyediaan logistik untuk kebutuhan kapal juga menjadi peluang bisnis yang sangat besar dan dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha dan masyarakat di Bali. "Kita bisa bayangkan, setiap kapal itu rata-rata mengangkut sekitar 2.000 wisatawan dan 1.500 kru. Selama ini kebutuhan logistik itu mereka cukupi di luar negeri, terutama Singapura. Daging, sayur mayur, buah-buahan, sampai dengan air bersih, disuplai dari Singapura. Padahal, setiap tahunnya berdasarkan catatan kami tahun 2019 saja, ada 79 kapal cruise yang bersandar di Pelabuhan Benoa," katanya. 

Apabila setiap kapal tersebut harus berlayar selama 3-4 hari dari pelabuhan satu ke pelabuhan berikutnya, entah ke Malaysia, Filipina, Singapura, atau Australia, kebutuhan logistik untuk memenuhi makan-minum wisatawan dan kru volumenya sangat besar. Menurut Doso, potensi tersebut dapat nantinya dapat diambil oleh Bali, karena Pelindo III membangun cold storage raksasa, yang sebagian dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, selain untuk memenuhi kebutuhan industri perikanan setempat. 

Demikian juga dengan distribusi wisatawan ke tempat-tempat wisata yang menarik di Pulau Bali, sembari menunggu kapal bersandar. Dengan jumlah yang sangat besar, mereka dapat didistribusikan ke No: PRS.05/HUMAS/X-2019 berbagai tempat wisata menarik yang terdapat di kabupaten dan kota-kota di Pulau Bali, sehingga akan menambah putaran roda ekonomi pariwisata. 

Salah satu kelebihan kapal cruise dibandingkan dengan pariwisata berbasis transportasi udara adalah kapasitas angkutnya yang besar. Apabila pesawat terbang hanya mampu mengangkut 200-300 penumpang, kapal-kapal wisata dalam sekali angkut bisa membawa 2.000 hingga 3.000 wisatawan. "Apalagi, kami sudah mendapatkan informasi bahwa saat ini sedang dibangun kapal pesiar raksasa yang berukuran panjang 320 meter dengan 20 dek tingkat yang mampu mengangkut kurang lebih 4.000 wisatawan. Nantinya kapal semacam ini juga dapat bersandar di Pelabuhan Benoa," ujar Doso.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Ini Tanggal Promo Belanja DANA Hanya Rp 11

Posted: 02 Nov 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Platform dompet digital DANA mengumumkan promo belanja hanya Rp 11 saja. Promo ini diumumkan langsung CEO DANA Vincent Iswara, pada parade di Car Free Day, Jakarta.

Pada promo ini, pengguna bisa membeli voucher-voucher DANA untuk belanja seharga Rp 11. Pada setiap pembelian voucher, pengguna juga mendapat benefit seperti undian berhadiah smartphone.

"Voucher ini bisa ditukarkan untuk membeli makanan, minuman, untuk menonton, untuk membeli voucher game, untuk membeli pulsa dan berbagai activity yang bisa benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat," jelas Vincent di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Promo #Puas11Rupiah ini dimulai pada tanggal 8 November hingga 11 November mendatang.

Pengguna DANA bisa membeli tiga voucher makanan dan minuman serta satu voucher digital untuk pembelian pulsa, produk game, pembayaran tagihan, atau pembelian tiket nonton TIX ID.

 

Parade dalam rangka menyambut promo menarik DANA, pada 11 November mendatang atau dikenal sebagai hari 11.11. Liputan6.com/Tommy

Promo ini tidak hanya untuk transaksi offline, tetapi bisa dipakai untuk platform online seperti Bukalapak dan Lazada. Dana pun berencana mengadakan kegiatan ini tiap tahun.

Vincent menyebut promo ini untuk mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia yang terlibat dalam ekonomi digital.

Faktor kemudahan dan keamanan juga menjadi unggulan Dana untuk menarik pelaku usaha agar melalukan transformasi digital.

"Bagi masyarakat yang menjadi konsumen dan pengguna Dana, #Puas11Rupiah menghadirkan nilai ekonomis sekaligus menjadi pintu masuk bagi mereka untuk mengeksplorasi beragam keunggulan dari dompet digital Dana dalam mendukung setiap transaksi," ujar Lim Kusuma, Senior Marketing Dana sekaligus inisiator parade DANA.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesona Salar de Uyuni, Dataran Garam Terluas di Dunia

Posted: 02 Nov 2019 09:11 PM PDT

Seorang pria berjalan di Salar de Uyuni, dataran garam terluas di dunia yang terletak di Altiplano, barat daya Bolivia, 28 September 2019. Permukaan Salar de Uyuni tertutup lapisan garam setinggi beberapa kaki, menjadikan dataran ini tetap kering sepanjang tahun. (Photo by Aizar RALDES / AFP)

Seorang pria berjalan di Salar de Uyuni, dataran garam terluas di dunia yang terletak di Altiplano, barat daya Bolivia, 28 September 2019. Permukaan Salar de Uyuni tertutup lapisan garam setinggi beberapa kaki, menjadikan dataran ini tetap kering sepanjang tahun. (Photo by Aizar RALDES / AFP)

Turis berfoto dengan latar belakang Salar de Uyuni, dataran garam terluas di dunia yang terletak di Altiplano, barat daya Bolivia, 28 September 2019. Hamparan danau yang bisa dipijak itu begitu jernih sehingga membuat pantulan langit di atasnya. (Photo by Aizar RALDES / AFP)

Turis berfoto dengan latar belakang Salar de Uyuni, dataran garam terluas di dunia yang terletak di Altiplano, barat daya Bolivia, 28 September 2019. Hamparan danau yang bisa dipijak itu begitu jernih sehingga membuat pantulan langit di atasnya. (Photo by Aizar RALDES / AFP)

Pemandangan Salar de Uyuni, dataran garam terluas di dunia yang terletak di Altiplano, Bolivia, 28 September 2019. Salar de Uyuni terbentuk dari kerak garam ini memiliki permukaan datar dengan ketebalan sekitar satu meter yang menyelimuti seluruh permukaan danau. (Photo by Aizar RALDES / AFP)

Pemandangan Salar de Uyuni, dataran garam terluas di dunia yang terletak di Altiplano, Bolivia, 28 September 2019. Salar de Uyuni terbentuk dari kerak garam ini memiliki permukaan datar dengan ketebalan sekitar satu meter yang menyelimuti seluruh permukaan danau. (Photo by Aizar RALDES / AFP)

Wisatawan mengunjungi Salar de Uyuni, dataran garam terluas di dunia yang terletak di Altiplano, barat daya Bolivia pada 28 September 2019. Setiap tahunnya sekitar 25.000 ton garam dihasilkan dari dataran ini. (Photo by Aizar RALDES / AFP)

Wisatawan mengunjungi Salar de Uyuni, dataran garam terluas di dunia yang terletak di Altiplano, barat daya Bolivia pada 28 September 2019. Setiap tahunnya sekitar 25.000 ton garam dihasilkan dari dataran ini. (Photo by Aizar RALDES / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi Diberi Jersey Nomor 21

Posted: 02 Nov 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Sejumlah pemimpin negara ASEAN berpose dengan mengangkat jersey biru berlatarkan nomor punggung disertai nama. Dari para pemimpin yang datang hanya Presiden Jokowi yang mendapatkan nomor punggung berbeda.

Sebab tujuh pemimpin mendapatkan nomor punggung 9 dan dua lainnya mendapatkan nomor punggung 10. Sedangkan Jokowi mendapatkan nomor punggung 21.

Dibalik nomor punggung yang berbeda itu, memang memiliki arti tersendiri, yakni ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Pemberian jersey ini bagian dari acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA yang dilaksanakan di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu 2 November 2019.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato' Lim Jock Hoi dan Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam pertemuan antar pimpinan negara itu terdapat empat kerja sama yang dilakukan antara ASEAN dengan FIFA.

"Pertama adalah promotion of sport integrity, yang kedua adalah sport for development, yang ketiga adalah FIFA football for school programme, dan yang keempat adalah professional capacity building," ucap Retno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Pembukaan KTT ke-35 ASEAN

Presiden Jokowi Menggelar Pertemuan Bilateral dengan Sekjen PBB, Antonio Guterres di Pleno KTT ke-35 ASEAN, Bangkok, Thailand, Minggu (3/11/2019). (Foto: Biro Pers Setpres)

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Exhibition & Convention Center, Bangkok, Thailand pada Minggu (3/11/2019).

Pada hari kedua kunjungannya di Bangkok, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri KTT ke-22 ASEAN-China.

Seperti dilansir dari keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, di sela-sela acara ini Jokowi akan menggelar pertemuan bilateral dengan Direktur Pelaksana IMF. Selanjutnya, Kepala Negara akan menghadiri KTT ke-16 ASEAN-India.

Kemudian setelah santap siang bersama, Jokowi akan bertemu dengan PM India dan menghadiri KTT ke-10 ASEAN-PBB.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri gala dinner bersama pemimpin negara anggota ASEAN lainnya di Impact Challenger, Bangkok, Thailand.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Orang yang Gampang Cemas Suka Nonton Film Horor (2)

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa film horor tengah tayang di bioskop saat ini. Bagi sebagian orang ada yang antipati menonton film horor tapi tidak sedikit yang merasa tertantang menonton film horor.

Ada juga orang yang mudah cemas malah tertarik menonton film horor. Meski terdengar kontradiktif, siapa sangka, bagi orang dengan gangguan kecemasan menonton film horor bisa membuat rileks. Berikut alasan orang yang mudah cemas memilih menonton film horor bagian dua. 

Film horor sebagai terapi paparan

Lingkungan yang terkendali dalam film horor membantu orang dengan gangguan kecemasan untuk berlatih menghadapi serta memecahkan emosi yang intens dan tidak nyaman. Menurut terapis asal Northwestern University, Amerika Serikat, Jocelyn McDonnell dengan langkah ini bisa menjadi alat terapi yang baik.

"Terapi paparan adalah terapi yang memaparkan perangsang takut dengan tujuan mengajarkan agar pasien bisa menangani ancaman yang dirasakan. Bahwa rasa takut tidak seburuk yang mereka pikirkan," jelas McDonnell seperti dilansir dari Huffington Post.

Terapis dan penulis buku Hack Your Anxiety: How to Make Anxiety Work for You in Life, Love, and All That You Do, Alicia Clark mengatakan bahwa pengalaman itu bisa membantu menumbuhkan ketahanan emosional. 

 

Bikin rileks

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Nestor+Rizhniak

Hal ini mungkin terdengar aneh, bahwa menonton film horor bisa menenangkan. McDonell mengatakan bahwa saat orang cemas, sistem tubuh merespons dan melepaskan adrenalin sebagai perlindungan dari bahaya yang mengancam.

"Tubuh kita bersiap untuk menghadapi bahaya dengan masuk ke mode flight or fight, yang bisa menimbulkan pernapasan berat dan meningkatnya detak jantung. Tubuh tidak bisa bertahan di tahap ini selamanya, maka sistem akan menenangkan dan mengembalikan kita ke kondisi yang lebih tenang serta stabil. Menonton film horor bisa mengakibatkan respons fisik yang sama. Sehingga bisa membuat tenang orang yang sedang cemas," jelas anggota tim terapi perilaku kognitif itu.

Sisi buruk menonton film horor

McDonell percaya bahwa mekanisme penangan ini harus digunakan dengan hati-hati. 

"Konten yang menyeramkan bisa memicu pasien lebih lanjut. Misalkan orang yang memiliki kecemasan akan terjadinya hal buruk pada keluarganya, bisa semakin parah setelah melihat adegan di mana sebuah keluarga disiksa oleh sosok bertopeng. Ini akan membuat orang tersebut lebih cemas daripada sebelum menonton film," jelas terapis itu.

Clark juga mengatakan hal yang serupa, menekankan bahwa korban selamat dari sebuah insiden traumatis atau siapapun yang pernah mengalami kecemasan akut yang mengancam nyawa perlu menghindari menonton film horor.

"Dalam keadaan apa pun, orang cemas yang tidak ingin menonton horor perlu dihargai," kata Clark.

 

Penulis : Selma Vandika

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Podcast Showbiz 3 Film Horor Hollywood dari Kisah Nyata

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Curhat Pilu Wanita Alami Body Shaming Saat Diputusin Pacar

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkomentar terhadap fisik seseorang kini makin marak terjadi. Akibatnya, mereka yang mengalami body shaming masalah tingkat kepercayaan diri, dan mengalami kecemasan (anxiety) berlebih dengan bentuk tubuhnya.

Body shaming biasanya paling sering dialami para kaum hawa. Namun, tidak menutup kemungkinan juga para pria mendapatkan perlakuan body shaming.

Seorang warganet baru-baru ini membagikan pengalamannya yang mendapatkan perlakuan body shaming dari mantan kekasihnya.

Melalui akun Twitter-nya @fatmamelati, menuliskan bahwa ia menerima body shaming dari mantan kekasihnya saat itu, yang mengatakan bahwa Fatma memiliki tinggi badan yang terlalu pendek. Ia juga menceritakan bagaimana dampak body shaming pada dirinya saat itu.

"STOP BODYSHAMING (THREAD)Dear pelaku body shaming yang melakukan ini ke saya tanpa perasaan: fuck off.aku tau betul dampak apa yang terjadi pada diri, aku disini mau cerita dikit tentang pengalaman aku saat di bodyshaming in dan efeknya gmn," tulis @fatmamelati.

 

 

Viral

Twit yang diunggah pada Selasa, 29 Oktober 2019 itu berhasil disukai lebih dari 12 ribu pengguna Twitter, dan berhasil dibagikan sebanyak 7 ribu lebih.

Curhatan yang ia tuliskan di Twitter itu pun beredar hingga menjadi perbincangan di lini masa. Warganet pun menanggapi curhatan tersebut dengan berbagai respons.

Banyak dari warganet merasa geram dan kesal. Tidak sedikit dari mereka juga membela Fatma yang mengalami body shaming.

"Emosi bet gua bacanya. Tapi bukankah body ala botol yakult kek kita ini mestinya menggemaskan?" tulis akun @beachygoddess.

"Karna kamu perempuan, gakpapa gak cantik atau banyak kekurangan dibagian tubuhmu. asal ga miskin moral dan etika," kata salah satu akun.

"Terimakasih berkat kamu aku jadi makin percaya aja sama diri aku, walaupun pernah dikatain bab fisik. Tapi berkat kamu nggak ngedown lg. Makasih yaa. Smgtt. Cowok kaya gitu gapernah berkaca sebelumnya," tambah akun lainnya.

"Ini gmn ya caranya memberikan edukasi yg baik buat masyarakat kita kalo bodyshaming itu bener2 gabaik? Entah itu ke pacar, temen, keluarga, tetangga. Byk banget dari masyarakat kita yg menganggap hal itu lumrah banget buat bercandaan dan basa basi, pdhl itu budaya yg jelek banget," sahut akun lainnya.

 

Hubungan Berakhir Gara-Gara Alasan Sepele

Ilustrasi Foto Putus Cinta (iStockphoto)

Dalam twit yang dibuatnya, Fatma menuliskan bahwa alasan mantan kekasihnya mengakhiri hubungannya saat itu karena dirinya tidak cukup tinggi.

Bukan hanya itu, alasan lain yang diutarakan mantan kekasihnya yakni jarak antara rumah Fatma dengan rumah mantan kekasihnya yang cukup jauh.

"Singkat cerita aja, kejadianya udh lama. aku pernah dikatain sama mantan. KARNA AKU PENDEK. Dan awalnya aku gatau kenapa dia tiba2 ngatain fisik aku. Ternyata dia ngatain aku buat jadiin alasan dia karna BOSAN," tulis Fatma.

 

Dampak yang Dialami Fatma

Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Karena menerima body shaming dari mantan kekasihnya, Fatma mengalami dampak yang cukup parah, seperti tidak merasa percaya diri, dan banyak berpikir secara berlebihan terhadap pandangan orang lain tentang dirinya.

Ia mengatakan bahwa saat itu ia rela berolahraga untuk membentuk tubuh yang tinggi. Bahkan ia juga membeli suplemen peninggi badan hingga menghabiskan uang ratusan ribu.

"Efek setelah dikatain fisik aku jadi bener2 gak pede sama diri aku sendiri, apalagi buat kenal sama temen baru. Dan suka kepikiran juga, aku orangnya overthinking bgt apa2 tiap kepikiran nangis," tulisnya.

"Bodohnya aku turutin kemauan dia untuk jadi cewek tinggi. (Bucin parah) Hampir tiap hari olahraga sampai badanku bener2 kecapean, dannn sampai beli suplemen tinggi yg harganya ratusan ribu," tambah Fatma.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik 2 Mahasiswa Unram Terseret Air Bah di Taman Nasional Gunung Rinjani

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Lombok Timur - Dua orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram (Unram) dilaporkan hanyut terseret air bah dan ditemukan tewas di pemandian air terjun Jeruk Manis, Taman Nasional Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (2/11), sekitar pukul 19.00 WITA.

Wakil Rektor Unram Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Muhammad Natsir, ketika dihubungi di Mataram, membenarkan musibah yang menyebabkan dua orang mahasiswanya meninggal dunia tersebut.

"Kedua korban merupakan anggota Kelompok Pemerhati Sosial (KPS) Fakultas Hukum Unram yang sedang melaksanakan kegiatan pendidikan dasar," katanya, dilansir Antara, Minggu (3/11/2019).

Dua mahasiswa tersebut adalah Reza Andika Firdaus, asal Kabupaten Sumbawa, dan Widia Lasmita dari Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu.

Informasi yang diperoleh dari kepolisian, kedua korban ikut rombongan mahasiswa Fakultas Hukum Unram melaksanakan pendidikan dasar anggota baru yang direncanakan empat hari mulai 31 Oktober hingga 3 November 2019.

Kedua korban ikut melakukan survei lokasi jalur untuk kesehatan jurit malam pada Sabtu (2/11), sekitar pukul 15.00 Wita. Lokasi yang disurvei mulai dari aliran sungai yang menghubungkan antara mata air Jeruk Manis menuju Kokok Tereng, Dusun Gawah Buak, Desa Jeruk Manis di kawasan Gunung Rinjani.

Sesampai di lokasi, tiba-tiba air bah datang dan menghanyutkan korban. Saat kejadian sedang hujan lebat di atas pegunungan yang tidak diperkirakan sebelumnya karena rombongan mengira masih dalam musim kemarau.

Korban atas nama Widia Lasmita ditemukan dalam keadaan meninggal dunia oleh warga sekitar pukul 18.25 Wita. Lokasi penemuan jenazah sekitar 100 meter dari tempat pemandian, yaitu di aliran sungai pemandian Jeruk Manis Taman Nasional Gunung Rinjani, di Dusun Kampung Baru, Desa Jeruk Manis, Kecamatan Sikur.

Korban kedua atas nama Reza Andika Firdaus, ditemukan oleh warga sekitar pukul 19.15 Wita. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di lokasi yang tidak jauh dari penemuan korban pertama.

Jenazah kedua korban dibawa oleh warga dan anggota polisi ke Puskesmas Kotaraja, Kabupaten Lombok Timur, pada Sabtu (2/11), sekitar pukul 22.00 Wita. Rencananya kedua jenazah mahasiswa Unram tersebut akan dipulangkan ke kampung halamannya di Pulau Sumbawa, pada Minggu (3/11).

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah AS Investigasi TikTok terkait Keamanan Nasional

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat (AS) resmi mengeluarkan tinjauan keamanan nasional atas aplikasi TikTok.

Informasi ini berasal dari pernyataan tiga orang sumber anonim yang mengaku tahu tentang seluk-beluk permasalahan TikTok di AS.

Anggota parlemen AS sebelumnya memang telah menyerukan untuk melakukan penyelidikan terkait keamanan nasional pada TikTok.

Mereka mempertanyakan bagaimana TikTok menyimpan data pribadi penggunanya.

Selain itu sejumlah anggota parlemen juga mengaku khawatir terkait bagaimana TikTok menampilkan berbagai propaganda dari Tiongkok kepada pengguna di AS.

Hal ini tidak mengherankan sebab selama beberapa tahun terakhir, TikTok begitu populer di kalagan remaja AS.

Mengutip Reuters, Minggu (3/11/2019), sekitar 60 persen dari 26,5 juta pengguna aktif bulanan (MAU) TikTok berada di AS. Usianya antara 16-24 tahun.

Investigasi Terkait Akuisisi Musical.ly

Aplikasi Tik Tok terbaru usai bergabung dengan Musical.ly (sumber: istimewa)

Investigasi juga terkait dengan proses akuisisi TikTok terhadap Musical.ly, sebuah perusahaan aplikasi serupa yang bermarkas di AS. Saat itu nilai akuisisi sebesar USD 1 miliar.

Menurut salah satu sumber anonim, Komite Investasi Luar Negeri AS yang meninjau proses akuisisi melihat ada risiko keamanan nasional pada TikTok.

TikTok disebut-sebut tidak meminta izin dari komite saat mengakuisisi Musical.ly. Hal ini membuat panel keamanan AS melakukan investigasi kepada TikTok sekarang.

Bantahan TikTok

Fitur Voice Changer TikTok (Foto: TikTok)

Sementara itu, juru bicara TikTok mengatakan, tidak bisa berkomentar mengenai proses regulasi yang tengah berjalan.

"TikTok jelas, kami tidak memiliki prioritas yang lebih tinggi ketimbang mendapatkan kepercayaan dari pengguna dan regulator di AS. Kami juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan Kongres," kata juru bicara TikTok.

Sementara itu, induk TikTok, Byte Dance, belum memberikan tanggapan atas hal ini.

Sebelumnya, TikTok menegaskan bahwa data pribadi pengguna TikTok di AS juga disimpan di AS. Namun, para anggota parlemen tetap khawatir karena ByteDance tunduk pada hukum Tiongkok. 

TikTok pun menjawab, Tiongkok tidak memiliki kewenangan yurisdiksi atas konten-konten yang ada di aplikasi yang datanya tidak disimpan di Tiongkok. Bahkan, TikTok meyakinkan, seluruh konten tidak dipengaruhi oleh negara mana pun. 

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Siapkan Rp 1,2 T untuk Hapus Kekerasan terhadap Perempuan di Dunia

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Inggris telah menjadi penyumbang terbesar dari kalangan pemerintahan untuk membiayai program yang mencegah kekerasan terhadap wanita dan perempuan secara global.

Dilansir dari The Guardian, Sabtu (2/11/2019) pernyataan tersebut dikeluarkan tepat tujuh tahun setelah gerakan yang memberi dukungan terhadap negara-negara dengan tingkat kekerasan tertinggi.

Program yang menghabiskan biaya hingga 67 juta poundsterling ini telah sukses mengurangi aksi kekerasan di Afrika dan Asia serta segera menjadi modal untuk mengadakan riset dalam menemukan ide baru untuk mengatasi masalah global tersebut.

Menurut World Health Organization (WHO), satu dari tiga wanita di dunia pernah mengalami kekerasan fisik maupun seksual dalam hidup mereka, bahkan kebanyakan dilakukan oleh pasangannya sendiri. 

Tetapi survei secara global ini menutupi kesenjangan regional dan nasional.

Sebuah survei yang dilakukan di Zambia, Afrika menunjukkan 64% wanita mengatakan bahwa mereka telah mengalami pelecehan seksual oleh pasangan mereka dan 33% telah ditendang, diseret, dicekik, atau dibakar.

Di Sudan Selatan, sebuah negara yang mengalami krisis kemanusiaan yang berkepanjangan, sebanyak 70% perempuan dan gadis yang menjalin hubungan mengatakan bahwa mereka telah mengalami beberapa bentuk kekerasan.

Diluncurkan oleh Departemen Pembangunan Internasional Inggris (DfID) pada Sabtu 2 November 2019, program "What Works to Prevent Violence: Impact at Scale – builds on a previous initiative", diluncurkan pada tahun 2014, yang mengumpulkan bukti tentang skala dan dampak kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan beserta cara untuk menghentikannya.

Program ini juga mendukung 13 proyek skala kecil di Afrika dan Asia. Mulai dari konseling pasangan di Rwanda, hingga memperkenalkan waktu bermain sekolah di Pakistan, serta penelitian mengenai faktor pendorong, prevalensi, dan biaya sosial dan ekonomi dari kekerasan.

 

Dampak Positif yang Nyata

Ilustrasi KDRT (iStockphoto)​

Sejumlah program percontohan ini membantu mengurangi separuh tingkat kekerasan fisik dan seksual dalam waktu kurang dari dua tahun.

Di Tajikistan, tingkat kekerasan terhadap perempuan di dua wilayah turun dari 64% menjadi 34% setelah 10 pekan konseling, pelatihan keterampilan dan bimbingan.

Persentase pria yang mengatakan mereka kasar juga turun dari 47% menjadi 5%.

Tingkat bunuh diri yang dilakukan oleh wanita di wilayah tersebut juga turun dari 20% menjadi 9% sedangkan untuk pria juga menurun dari 10% menjadi nihil.

Tingkat pendapatan wanita juga meningkat. Setelah program tersebut berlangsung selama lima belas bulan, dampak positifnya masih dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, sebuah proyek di Republik Demokratik Kongo yang melatih para pemimpin agama untuk membicarakan pelecehan dalam khotbah mereka mengurangi hampir 60% kekerasan dalam rumah tangga di 15 desa selama dua tahun.

"Kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan memengaruhi komunitas di seluruh dunia dan satu dari setiap tiga perempuan akan mengalaminya dalam hidup mereka. Ini adalah masalah yang harus kita tangani di negara berkembang dan maju," kata Kepala DfID Inggris, Alok Sharma.

"Namun, bagi perempuan dan anak perempuan yang hidup dalam kemiskinan ekstrem ancamannya bahkan lebih tinggi. Kegagalan untuk mengatasi masalah ini bukanlah suatu pilihan dan dengan tidak melakukan apa pun dapat mengecam generasi mendatang untuk mengulangi siklus kekerasan ini."

Langkah Selanjutnya

Ilustrasi KDRT | daerah.sindonews.com

Dana tambahan baru senilai lebih dari 33 juta poundsterling akan digunakan untuk memperluas proyek-proyek yang sukses ini, dan menyesuaikan serta mengujinya di lokasi baru.

Sementara 10 juta poundsterling lainnya akan digunakan untuk merancang dan mengujicobakan ide-ide dan program-program baru, terutama untuk meneliti bagaimana kekerasan dapat diatasi pada saat konflik dan selama krisis kemanusiaan, di mana tingkat kekerasan dalam rumah tangga meningkat.

DfID juga ingin menguji coba program-program yang secara khusus menargetkan kekerasan terhadap anak perempuan remaja dan di antara para penyandang cacat, serta menangani kekerasan terhadap anak-anak untuk menghentikannya diturunkan dari generasi ke generasi.

DfID akan menargetkan negara-negara di Asia, Afrika sub-Sahara, Afrika utara, dan Timur Tengah.

Pihaknya berharap keberhasilan program ini akan memacu donatur lain untuk mendanai program serupa yang bertujuan untuk mencegah kekerasan.

"Orang-orang berpikir itu akan mengambil generasi, tetapi apa yang begitu kuat tentang 'What Works' adalah bahwa hal itu tidak hanya menunjukkan bahwa kita mencegah kekerasan, tetapi dampak ini sedang dicapai selama dua hingga tiga tahun. Bukti kuat memberi kita alat untuk membantah pentingnya berinvestasi dalam pencegahan." ujar Charlotte Watts, kepala penasihat ilmiah DfID

Negara-negara anggota PBB telah berkomitmen untuk menghilangkan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan pada tahun 2030, target yang sangat ambisius dari tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tetapi Watts berpendapat: "Kami menghasilkan bukti yang jelas akan berkontribusi pada bagaimana kami mencapai target SDG. Kami melihat penurunan kekerasan dalam beberapa konteks. Itu akan berlangsung dari negara demi negara ... Di mana pun kita berada saat itu (2030), kita akan menghasilkan bukti untuk membantu kita melangkah lebih jauh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kakak Beradik Tipu Seorang Warga Surabaya Jadi PNS di Kemenhub

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengaku sebagai seorang pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub), seorang residivis berhasil menipu korbannya mencapai puluhan juta rupiah.

Berbekal identitas palsu, tersangka mengaku dapat memasukkan korban sebagai seorang pegawai di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pusat.

Dengan menutupi wajahnya, SP (46) warga Banyu Urip Kidul Surabaya digelandang di Mapolsek Simokerto Surabaya. Tersangka seorang pengangguran tersebut diringkus atas ulahnya melakukan penipuan.

Berbekal kartu identitas palsu, tersangka mengaku sebagai seorang pegawai Kementerian Perhubungan di Jakarta, bersama sang kakak yang kini menjadi buron. Tersangka berjanji dapat memasukkan anak korban warga Sidokapasan sebagai PNS di Kemenhub.

Modusnya, setelah terjadi kesepakatan, korban mentransfer uang sebesar Rp 77 juta sebagai uang muka, dari Rp 150 juta. Korban makin percaya setelah anaknya diberi id card, serta diajak melakukan pengukuran baju dinas, namun, setelah diminta menunggu panggilan dari Jakarta, tak kunjung ada.

Korban pun berusaha menghubungi dan mencari para tersangka, tetapi tak pernah ada. Merasa tertipu, korban melapor ke Polsek Simokerto. Berbekal ciri-ciri yang didapat, petugas berhasil melakukan penangkapan salah satu tersangka.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun. Demikian diberitakan Fokus, 31 Oktober 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit dan Cara Menggunakannya

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kulit merupakan bagian terluar pada tubuh. Tak heran, kalau kulit lebih mudah terserang oleh berbagai masalah dari luar. Namun tak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah kulit kamu bisa menggunakan bahan alami untuk meredakan kondisinya.

Salah satu bahan alami yang sudah cukup terkenal mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit adalah air mawar. Air mawar merupakan air yang dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar.

Air ini banyak digunakan untuk merawat kecantikan dan masalah pada kulit. Tak heran, kalau ada berbagai macam manfaat air mawar yang bisa dirasakan untuk kulit seperti untuk melembapkan, meredakan iritasi, dan lain sebagainya.

Air mawar mampu bekerja untuk meringankan masalah pada kulit karena memiliki senyawa phenolic, yaitu bahan aktif yang bersifat antioksidan. Selain itu, air mawar juga memiliki efek antibakter, antiseptik, dan antivirus yang mampu mengurangi radang, nyeri, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Berikut ada beberapa manfaat air mawar untuk kecantikan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/11/2019).

Mempertahankan Keseimbangan pH Kulit

Air Mawar

Penggunaan sabun, pembersih wajah, dan produk kecantikan lainnya secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan pH pada kulit. Kulit bisa menurun menjadi 4,5 hingga 6,3 dan membuatnya menjadi asam.

Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan dan menyababkan pertumbuhan bakteri yang memunculkan masalah kulit seperti jerawat. Untuk itu, kamu perlu sedikit menaikkan kadar pH pada kulit hingga 5,5. Manfaat air mawar mampu membantu menyeimbangkan atau menaikkan pH menjadi normal.

Menghambat Penuaan Dini

Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah

Manfaat air mawar untuk kecantikan selanjutnya mampu menghambat penuaan ini. Manfaat ini bekerja dengan cara mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan zat pelembap pada air mawar.

Antioksidan pada air mawar bekerja memberikan efek untuk menangkal radikal bebas dan menghambat kerusakan kulit yang dapat membuat kulit lebih cepat tua dan keriput.

Menghidrasi dan Menyegarkan Kulit

Kulit lembap / Image: Unsplash

Manfaat air mawar juga mampu menghidrasi kulit. Kamu bisa menggunakan air mawar sebagai toner di setiap kulit sedang kering. Air mawar akan bekerja untuk menyegarkan kulit dengan mengendapkan pori-pori dan menghidrasinya.

Tak hanya untuk menghidrasi kulit, air mawar juga mampu untuk menyegarkan kulit kamu sepanjang hari. Kamu bisa membawanya kemana pun kamu pergi dan menggunakannya beberapa kali agar kulit terasa segar dan lembap selama berjam-jam.

Cara menggunakannya, kamu bisa menjadikannya sebagai toner atau pembersih wajah alami. Kamu juga bisa menyemprotkan air mawar ke bagian kulit tubuh lainnya seperti tangan dan kaki.

Meredakan Peradangan pada Kulit

Air Mawar (Istimewa)

Selain air mawar, ekstrak mawar juga memiliki kandungan penting berupa polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Kandungan pada air mawar ini diketahui dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga diduga dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Untuk mendapatkan manfaat air mawar ini, kamu bisa menggunakannya dengan mengoleskan kapas yang sudah dibasahi dengan air mawar pada area kulit yang bermasalah.

Meringankan Kulit Terbakar

Ilustrasi kulit terbakar (Foto: Shutterstock)

Jika kamu pernah melupakan untuk menggunakan tabir surya dan menyebabkan luka bakar bakar setelahnya, maka kamu bisa meredakan kondisinya dengan menggunakan air mawar. Air mawar akan bekerja untuk menenangkan, menyembuhkan kulit terbakar, dan mempercepat proses penyembuhan dengan sifat-sifat pendingin yang dimilikinya.

Untuk mengatasi kulit terbakar dengan air mawar, kamu bisa menyemprotkannya ke area yang bermasalah. Gunakan ketika kulit kamu terasa memburuk. Manfaat air mawar mampu bekerja untuk mengatasi kulit terbakar karena memiliki sifat pendingin di dalamnya sehingga mampu menenangkan dan menyembuhkan kulit terbakar, bercak merah, dan gatal di kulit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah Areng Widodo Dimakamkan Hari Ini

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia musik Tanah Air masih disellimuti duka. Areng Widodo, musikus senior Tanah Air, meninggal dunia di Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Kamis 3 Oktober 2019.

Berita duka meninggalnya Areng Widodo semula diketahui melalui pesan singkat yang diterima Liputan6.com pada Kamis (31/10/2019).

"Innanillahi wainnaillahi rojiun telah berpulang ke Rahmatullah sahabat kita ARENG WIDODO malam ini. Semoga Almarhum Husnul Khotimah. Kami sekeluarga turut berduka yg sedalam dalamnya. Semoga keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran," tulis pesan tersebut.

Kabar tersebut juga dibenarkan oleh pengamat musik Stanley Tulung. Dari yang disampaikannya, Areng Widodo mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis malam.

"Meninggal dunia di RSPG, Cisarua sekitar pukul 19:30," ujar Stanley Tulung.

 

Rumah Duka

Areng Widodo (Foto: Instagram/@hollycaesar_)

Jenazah Areng Widodo kemudian disemayamkan di rumah duka di RS UKI, Jakarta Timur. Rencananya, jenazah Areng Widodo akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon.

 

Rangkaian Upacara Pemakaman

Areng Widodo (Foto: Instagram/@arengwidodo_musisi_)

Sebelum diberangkatkan ke Pondok Ranggon, sejumlah acara pelepasan untuk jenazah Areng Widodo digelar. Di antaranya adalah acara misa Requiem yang dilaksanakan pada Sabtu (2/11/2019) malam.

 

Misa Pelepasan

Areng Widodo bersama kedua anaknya, Cesilia dan Holly Caesar, serta WS Rendra (Foto: Instagram/@arengwidodo_musisi_)

Selanjutnya misa pelepasan jenazah Areng Widodo yang digelar hari ini, Minggu (3/11/2019) pukul 10.30 WIB. Setelah itu, jenazah akan langsung dibawa ke TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Pemakaman

Areng Widodo dan Stanley Tulung. (ist)

Rencananya, proses pemakaman Areng Widodo akan dimulai sejak pukul 13.00 WIB. Informasi tersebut didapat dari sebuah papan pengumuman yang ada di lokasi rumah duka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapan Dukacita Banjiri Akun Instagram Afridza Mundandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal di Sepang

Posted: 02 Nov 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sepang - Pembalap muda berbakat Indonesia Afridza Munandar meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan pada ajang Asia Talent Cup (ATC) 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019).

Insiden terjadi pada tikungan 10 putaran pertama di Race 1. Menyusul kecelakaan, petugas langsung mengibarkan bendera merah.

"Dengan berat hati kami menginformasikan kepergian Afridza Munandar yang terlibat insiden dalam Race 1 Idemitsu Asia Talent Cup di Sepang. Kami ingin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman Afridza," demikian cuitan Asia Talent Cup di Twitter.

Sebelum dipastikan meninggal, Afridza lebih dahulu menerima tindakan medis di sisi trek. Pembalap berusia 20 tahun itu lalu diterbangkan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur menggunakan helikopter.

Sayang, nyawa Afridza Munandar tak tertolong. Ia menghembuskan nafas terakhir di Kuala Lumpur, Malaysia. Wafatnya Afridza pun mengundang duka cita dari rekan sesama pembalap termasuk pembalap MotoGP.

Tak hanya itu, masyarakat Indonesia juga mengucapkan belasungkawa lewat komentar di akun instagram Afridza Munandar, @Afridzasyach.

 

Unggahan Terakhir

Afridza Munandar (doc. Astra Honda)

Ucapan duka dari warga net bisa terlihat dari kolom komentar di unggahan terakhir Afridza. Dalam unggahan terakhirnya, Afridza terlihat duduk dengan jaket hitam di bandara Haneda, Jepang.

Ia hanya menuliskan emoticon senyum di dalam keterangan foto tersebut. Dari keterangan waktunya, foto itu diunggah sekitar sepekan lalu.

"Inna lillahi wa Inna ilaihi Roji'un. Sesungguhnya semua dari Allah SWT dan semua akan kembali kepada Allah SWT. Smg husnul khotimah," tulis akun fit179_

"Semoga Khusnul khatimah ya bang," tulis akun anisa_rahma92

Foto Afridza Munandar

 
 
 
View this post on Instagram

🙂

A post shared by Afridza Syach (@afridzasyach) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persija vs Tira Persikabo: Momen Kebangkitan

Posted: 02 Nov 2019 08:55 PM PDT

Bekasi - Persija Jakarta akan menjamu Tira Persikabo pada laga pekan ke-26 Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (3/11/2019). Laga yang disiarkan Indosiar ini jadi duel dua tim terluka yang ingin kembali ke jalur kemenangan.

Persija Jakarta belum keluar dari situasi mengkhawatirkan di Liga 1 2019. Klub berstatus juara musim lalu itu masih berusaha untuk menjauhi zona merah lantaran hingga 23 pertandingan baru mengumpulkan 24 poin.

Kedatangan pelatih Edson Tavares masih belum menunjukkan dampak signifikan. Persija di bawah asuhannya hanya mampu meraih empat poin dalam empat laga, perinciannya sekali menang, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Laga melawan Tira Persikabo jadi momentum kebangkitan buat Persija. Apalagi pada putaran pertama, Macan Kemayoran dipermalukan 3-5. Jadi, laga ini sangat krusial buat Persija yang bertekad kembali ke jalur kemenangan sekaligus membalaskan dendam.

Pelatih Edson Tavares diprediksi masih akan mengandalkan Marko Simic di lini depan. Pergerakan bomber asal Kroasia itu akan ditopang Riko Simanjuntak di sisi kanan dan Rachmad Hidayat di sektor sayap kiri.

Situasi yang lebih buruk justru dialami Tira Persikabo. Klub asuhan Rahmad Darmawan itu sudah lama tak meraih kemenangan di Shopee Liga 1 2019.

Kemenangan terakhir yang diraih Osas Saha dkk. terjadi pada 19 Agustus 2019, ketika mengalahkan PSS Sleman dengan skor 3-1. Sejak saat itu, Tira Persikabo meraih lima kali imbang dan lima kali kalah.

Rentetan hasil minor itu membuat Tira Persikabo yang tadinya menghuni peringkat kedua, perlahan-lahan melorot ke posisi ketujuh dengan raihan 37 poin. Jadi, Tira Persikabo tentu tak ingin memperpanjang catatan negatif mereka dalam laga melawan Persija nanti.

Demi meraih poin maksimal, Tira Persikabo diprediksi akan menurunkan skema 4-3-3. Pelatih Rahmad Darmawan akan memainkan trio Wawan Febrianto, Ciro Alves, dan Osas Saha di lini depan untuk membongkar lini pertahanan Persija.

Pertandingan ini akan menjadi pertemuan ke-12 untuk kedua tim sepanjang sejarah. Persija Jakarta masih dominan dengan delapan kali menang, Tira Persikabo meraih sekali kemenangan, dan dua laga berakhir tanpa pemenang.

Data - Fakta

Striker PS Tira Persikabo, Loris Arnaud, berebut bola dengan pemain Persija Jakarta pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (16/7). Tira menang 5-3 atas Persija. (Bola.com/Yoppy Renato)

Prakiraan susunan pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Fachrudin Wahyudi, Xandao, Rezaldi Hehanusa, Novri Setiawan (belakang) Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute (tengah), Riko Simanjuntak, Rachmad Hidayat, Marko Simic (depan)

Pelatih: Edson Tavares (Brasil)

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper), Khurshed Beknazarov, Zoubairou Garba, Abduh Lestaluhu, Vava Yagalo (belakang), Louise Parfait, Guntur Triaji, Roni Sugeng (tengah), Wawan Febrianto, Ciro Alves, Osas Saha (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Head to head

  • 16/7/2019 - Tira Persikabo 5-3 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  • 21/2/2019 - Persija Jakarta 2-0 Tira Persikabo (Piala Indonesia 2018)
  • 17/2/2019 - Tira Persikabo 0-0 Persija Jakarta (Piala Indonesia 2018)
  • 10/11/2018 - Persija Jakarta 0-0 Tira Persikabo (masih bernama PS Tira) (Liga 1 2018)
  • 8/6/2018 - Tira Persikabo (masih bernama PS Tira) 0-5 Persija Jakarta (Liga 1 2018)

Lima pertandingan terakhir Persija Jakarta

  • 28/10/2019 - Persib Bandung 2-0 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  • 24/10/2019 - PSS Sleman 0-0 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  • 20/10/2019 - PSM Makassar 0-1 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  • 16/10/2019 - Persija Jakarta 1-2 Semen Padang (Liga 1 2019)
  • 27/9/2019 - Borneo FC 1-0 Persija Jakarta (Liga 1 2019)

Lima pertandingan terakhir Tira Persikabo

  • 30/10/2019 - Madura United 1-0 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 24/10/2019 - Tira Persikabo 1-1 Arema FC (Liga 1 2019)
  • 19/10/2019 - Tira Persikabo 0-2 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 2/10/2019 - Persipura Jayapura 3-0 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 27/9/2019 - Tira Persikabo 1-1 Semen Padang (Liga 1 2019)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Aning Jati, Published 03/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi akan Bertemu Managing Director IMF di KTT ASEAN

Posted: 02 Nov 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan anggota delegasi Indonesia akan menghadiri 5 pertemuan dan dua acara pembukaan. Ini merupakan hari kedua rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-35 di Bangkok, Minggu (3/11/2019). 

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, menuturkan jika akan ada lima pertemuan dan dua kegiatan opening, serta dinner untuk para leaders.

"Lima pertemuan tersebut adalah KTT ASEAN dan RRT, pertemuan bilateral Presiden RI dengan Managing Director IMF Kristalina Georgieva, KTT ASEAN dan India, pertemuan bilateral Presiden RI dengan Perdana Menteri India, kemudian KTT ASEAN dan PBB," kata Menlu, mengutip laman Sekretariat Kabinet.

Terkait pertemuan bilateral, bidang ekonomi masih menjadi topik utama yang jadi pembicaraan. Dalam pertemuan bilateral Indonesia dan India, pemerintah Indonesia akan mengangkat isu RCEP.

"Sama halnya dalam KTT ASEAN dan India hari ini, isu RCEP juga akan diangkat kembali," jelas Menlu.

Sedangkan pada acara gala dinner akan dihadiri oleh para pemimpin negara, dan akan menjadi kegiatan penutup Presiden Jokowi pada hari ini.

Jokowi Ingin ASEAN Perkuat Kerja Sama Hadapi Kondisi Global

Presiden Jokowi bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN menunjukkan jersey bertuliskan nama masing-masing disaksikan Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) pada acara penandatanganan MoU antara ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Para pemimpin negara-negara yang tergabung dalam Asscociation of South East Asian Nations (ASEAN) menyoroti situasi dunia saat ini yang diwarnai banyak ketidakpastian, hingga revisi pertumbuhan ekonomi.

Ini terungkap dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35, di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019).

"Oleh karena itu, rata-rata para pemimpin termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa menjadi lebih penting, apa artinya bagi ASEAN untuk memperkuat kerja sama," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengutip laman Sekretariat Kabinet, Minggu (3/11/2019).

Dia mengatakan, penguatan kerjasama itu  perlu karena para pemimpin ASEAN menyadari dibandingkan dengan kawasan lain, situasi Asia Tenggara masih lebih baik.

Ini dilihat dari sisi stabilitas politik maupun dari sisi pertumbuhan ekonomi yang masih di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia.

"Karena itu, rata-rata para pemimpin menyampaikan harapan ASEAN bahwa kita bisa akan menyelesaikan perundingan mengenai Kerjasama Ekonomi Komprehensi di kawasan Regional atau Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP)," lanjut Retno.

ASEAN memiliki harapan yang jelas united very clear dan jelas agar RCEP Ini dapat diselesaikan negosiasinya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Mulai November JLNT Antasari Ditutup Saat Car Free Day

Posted: 02 Nov 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan mulai ditutup saat hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day.

Hal ini disampaikan Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto. Menurutnya, kebijakan ini mulai diterapkan pada November 2019. Penutupan JLNT Antasari dilakukan dari pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Ia mengatakan, JLNT Antasari ditutup di enam titik yang telah ditentukan dan sudah dijaga oleh para petugas.

"Kemudian di depan Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Arah Pattimura, depan Pasar Cipete arah TB Simatupang dan depan Pasar Cipete arah Pattimura," kata Christianto di Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Christianto menambahkan, pada penutupan hari ini, pihaknya menerjunkan 50 personel gabungan. Mereka ditugaskan mengatur dan merekayasa lalu lintas di sekitar JLNT Antasari, Jakarta Selatan. 

Berikut jalan yang ditutup dengan adanya kegiatan HBKB yakni di depan Bhayangkari (Mabes Polri) arah TB Simatupang, depan Bank Mandiri Syariah (Blok M) arah TB Simatupang dan di depan Kantor Wali Kota Jakarta Selatan arah TB Simatupang.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turut Berduka, Pembalap Dunia Mendedikasikan MotoGP Malaysia untuk Afridza Munandar

Posted: 02 Nov 2019 08:35 PM PDT

Sepang - Sejumlah pembalap MotoGP berbelasungkawa atas meninggalnya Afridza Munandar. Pembalap muda di Indonesia itu tutup usia setelah mengalami kecelakaan pada balapan kedua Asia Talent Cup 2019, Sabtu (2/11/2019).

Pembalap MotoGP yang akan menjalani race Minggu (3/11/2019), mendedikasikan balapan tersebut untuk mendiang Afridza Munandar. Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menulis sebuah pesan menyentuh atas tragedi yang menimpa Afridza, via Instastory

Ia mengunggah foto Afridza disertai dengan ucapan duka dan tulisan "We will race for you". Adik Marc Marquez, yang akan berlaga di Moto2, Alex Marquez, juga menulis pesan yang sama di akun Instagramnya.

 
 
 
View this post on Instagram

Rest in peace 🙏🏼🙏🏼🙏🏼! We will race for you tomorrow❤️

A post shared by Alex Márquez Alentà (@alexmarquez73) on

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, juga menuliskan pesan di akun Instagramnya dengan mengunggah foto Afridza. 

"Our sport can be very tough sometimes. Rest in peace Afridza Munandar. Our hearts are with his family and friends," demikian tulis Alex Rins.

Marc Marquez juga menuliskan ucapan duka. Ia menyebut kepergian Afridza adalah kesedihan yang mendalam bagi dunia balap internasional.

Meninggalnya Afridza Munandar mengingatkan pada tragedi MotoGP yang menimpa Marco Simoncelli pada delapan tahun yang lalu. Simoncelli tutup usia setelah mengalami kecelakaan di Sirkuit Sepang.

Dua Podium

Afridza Munandar mampu menempati podium ketiga ATC Buriram. (doc. Astra Honda)

Pembalap binaan Honda itu mengalami kecelakaan di tikungan 10 pada balapan kedua Asia Talent Cup 2019. 

Telah meninggal dunia pebalap kebanggaan Indonesia, Afridza Syach Munandar yang mengalami insiden pada ajang balap Asia Talent Cup di Sepang International Circuit, Minggu (2/11/2019)," demikian pernyataan resmi Honda lewat rilis yang diterima Bola.com, Sabtu malam.

Honda merasa kehilangan yang teramat dalam atas meninggalnya pembalap asal Tasikmalaya itu.

"Mohon doanya bagi pembalap yang tengah berjuang mengharumkan nama bangsa ini. Tahun ini, Afridza menjadi andalan Astra Honda Racing Team untuk memperebutkan gelar juara akhir pekan ini di Asia Talent Cup dengan bekal dua kemenangan, dua kali runner-up, dan dua kali posisi ketiga selama satu musim. Afridza berada di posisi ketiga klasemen dengan 142 poin, 27 angka tertinggal dari pemimpin klasemen sementara."

Afridza Munandar adalah satu di antara pembalap terbaik lulusan Astra Honda Racing School pada 2017. Sebagai pembalap muda berbakat, ia terpilih seleksi Dorna Sport untuk mengikuti ajang balap ATC sejak tahun 2018.

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi / Editor Rizki Hidayat, Published 03/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Bae Suzy Saat Kenakan Hijab, Memesona dan Tuai Pujian

Posted: 02 Nov 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintang K-Drama, Bae Suzy memang kerap mendapat sorotan dari publik. Tak hanya soal bakat aktingnya saja, akan tetapi penampilan aktris kelahiran 10 Oktiber 1994 ini juga sering mencuri perhatian.

Bahkan, baru-baru ini netizen sempat dihebohkan saat mantan member Miss A ini mengunggah foto dirinya di akun Instagram pribadinya. Dalam unggahan foto tersebut, Suzy terlihat tampil simpel mengenakan baju tunik biru yang dipadukan dengan hijab berwarna abu-abu.

Unggahan foto Bae Suzy ini langsung saja diserbu oleh puluhan ribu komentar. Tak hanya para penggemar dari Korea saja yang memberi komentar terkait penampilan aktris 25 tahun tersebut. Banyak pula netizen Indonesia yang memuji pesona Suzy saat mengenakan hijab.

"cantiknya kakak ni" tulis akun @nauratul.khlsha pada kolom komentar unggahan foto Bae Suzy.

Diketahui unggahan foto dari mantan pacar Lee Min Ho ini diambil saat melakukan syuting drama Vagabond yang dibintanginya bersama Lee Seunggi. Lokasi syuting yang terletak di Maroko, membuatnya beberapa kali tampil mengenakan hijab.

Tak hanya satu kali ini saja Suzy terlihat mengenakan hijab. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (3/11/2019) berikut ini beberapa potret Bae Suzy saat tampil mengenakan hijab.

1. Ini unggahan foto Bae Suzy yang menjadi perbincangan netizen.

Suzy Hijab (Sumber: Instagram/skuukzky)

2. Ia juga pernah mengunggah foto saat mengenakan hijab bersama lawan mainnya, Lee Seunggi.

Suzy Hijab (Sumber: Instagram/skuukzky)

3. Dalam drama terbarunya ini ia sering mendapat pujian berkat penampilannya.

Suzy Hijab (Sumber: Instagram/zur___)

4. Ia juga beberapa kali terlihat mengenakan hijab saat syuting drama Vagabond.

Suzy Hijab (Sumber: Instagram/suuzyzke)

5. Sebelumnya, saat mengadakan fan meeting ia juga sempat diberi sebuah hijab dari penggemar asal Indonesia.

Suzy Hijab (Sumber: Instagram/suzyforver)

6. Penampilan Suzy saat jumpa penggemar ini juga langsung menjadi sorotan.

Suzy Hijab (Sumber: Instagram/suzyforver)

7. Menurutmu bagaimana penampilan Suzy saat mengenakan hijab?

Suzy Hijab (Sumber: Instagram/suuzyzke)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah Pembalap Afridza Munandar Dipulangkan ke Indonesia Hari Ini

Posted: 02 Nov 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Sepang - Jenazah pembalap muda potensial Indonesia, Afridza Munandar, yang meninggal saat balapan Asia Talent Cup 2019 di Sirkuit Sepang Malaysia, kemarin, rencananya dipulangkan hari ini (3/11/2019) ke tanah air.

Setelah kecelakaan yang menyebabkan pembalap berusia 20 tahun itu tewas, Afridza Munandar dibawa ke Rumah Sakit Kuala Lumpur. Jenazahnya setelah itu masih berada di Institut Perubatan Forensik Negara Hospital Kuala Lumpur, Malaysia, menunggu diambil pihak keluarga atau perwakilannya.

Kepala Satgas Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur Yusron B Ambary terlihat berada di rumah sakit bersama Tim Asia Talent Cup (ATC) Indonesia atau Idemitsu Honda Indonesia Charlie dan Dandy, Harvey dari Dorna Sports (penyelenggara), para pembalap dan para teknisi dari ATC Indonesia.

"Kami sudah melihat jenazah bersama rekan almarhum. Menurut kepolisian Malaysia, Minggu pagi pukul 08.30 akan dilaksanakan post mortem terhadap jenazah setelah itu dikirim ke Indonesia. Saya sudah menyampaikan prosedurnya dan informasi kasket-kasket (peti jenazah) untuk pengiriman jenazah," katan Yusron, seperti dilansir Antara.

Yusron mengatakan Keluarga Besar KBRI Kuala Lumpur turut berduka atas wafatnya Afridza Munandar. "Semoga Almarhum husnul khotimah serta keluarga yg ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan," katanya.

Dorna sudah menghubungi pihak asuransi yang akan menunjuk perusahaan yang akan mengurus pengiriman jenazah ke Indonesia. Sebelumnya, FIM, FIM Asia, Dorna Sports, dan semua yang ada di Idemitsu Asia Talent Cup juga menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga, teman dan orang-orang terkasih Afridza Munandar.

Berat Hati

Pebalap Astra Honda, Afridza Munandar, meninggal dunia setelah kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Bola.com/Dody Iryawan)

Sementara itu Dorna Sports dalam pernyataannya mengatakan menyusul insiden dalam perlombaan Idemitsu Asia Talent Cup di Sirkuit Internasional Sepang, Sabtu, pihaknya dengan berat hati melaporkan kepergian Afridza Munandar.

Insiden itu terjadi di belokan 10 di Lap 1. Pebalap berusia 20 tahun itu pertama kali menerima perawatan medis di sisi lintasan sebelum dipindahkan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan helikopter.

Pembalap Menonjol

Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis wilayah dan orang-orang di rumah sakit, pembalap kelahiran Tasikmalaya menyerah akibat luka-lukanya tak lama kemudian.

Afridza Munandar adalah pembalap yang menonjol di musim 2019 ATC, meraih dua kemenangan, dua tempat kedua dan dua finis di tempat ketiga dalam satu musim yang membuatnya siap bertarung untuk kejuaraan akhir pekan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Akan Hadiri Pembukaan KTT ke-35 ASEAN di Bangkok

Posted: 02 Nov 2019 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Exhibition & Convention Center, Bangkok, Thailand pada Minggu (3/11/2019).

Pada hari kedua kunjungannya di Bangkok, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri KTT ke-22 ASEAN-China.

Seperti dilansir dari keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, di sela-sela acara ini Jokowi akan menggelar pertemuan bilateral dengan Direktur Pelaksana IMF. Selanjutnya, Kepala Negara akan menghadiri KTT ke-16 ASEAN-India.

Kemudian setelah santap siang bersama, Jokowi akan bertemu dengan PM India dan menghadiri KTT ke-10 ASEAN-PBB.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri gala dinner bersama pemimpin negara anggota ASEAN lainnya di Impact Challenger, Bangkok, Thailand.

Bertemu Sekjen PBB

Presiden Jokowi Menggelar Pertemuan Bilateral dengan Sekjen PBB, Antinio Guterres di Pleno KTT ke-35 ASEAN, Bangkok, Thailand, Minggu (3/11/2019). (Foto: Biro Pers Setpres)

Sebelumnya, Jokowi sempat menggelar pertemuan bilateral dengan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres di Pleno KTT ke-35 ASEAN, Bangkok, Thailand.

Jokowi menyampaikan pandangannya terkait situasi terkini di dua wilayah tersebut. Ia menyatakan, kesiapan Indonesia untuk turut berkontribusi bagi upaya penyelesaian masalah.

"Presiden menyampaikan observasinya terhadap dua isu tersebut. Sekali lagi, Indonesia secara aktif bersedia, more than ready, untuk berkontribusi dalam upaya penyelesaian dua masalah yang tidak mudah itu," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral.

Sekjen PBB menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi atas kontribusi Indonesia dalam upaya penyelesaian masalah kemanusiaan di dua wilayah tersebut.

Meski situasi di Rakhine State dan Palestina belum stabil, Jokowi dan dan Gutterres punya pandangan yang sama. Keduanya meminta semua negara menjaga asa bagi penyelesaian krisis tersebut.

"Kita tidak boleh putus asa. Kita harus terus berusaha karena dua-duanya pada akhirnya menyangkut masalah kemanusiaan," tutur Retno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wawan, Suami Wali Kota Airin Pernah Beri Mobil Mewah ke 5 Artis Ini

Posted: 02 Nov 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang dikenal sebagai adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, menjalani sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (31/10/2019) lalu.

Dalam sidang tersebut, terungkaplah bahwa Wawan menerima Rp 1,8 triliun dari proyek-proyek di Banten sejak 2005 hingga 2012 yang merugikan negara. Wawan lalu menyamarkan hartanya itu dengan pencucian uang, membuatnya didakwa atas tindak pidana pencucian uang.

Untuk keperluan pemilukada Airin, Wawan didakwa juga telah membantu istrinya itu.  Selain itu, Wawan juga membiayai Pilkada Banten kakaknya, Ratu Atut Chosiyah, dalam pemilihan Gubernur Banten 2011 sejumlah Rp 3,8 miliar.

 

Tubagus Chaeri Wardana jelang menjalani sidang dakwaan kasus dugaan korupsi terkait pengadaan alat kesehatan di Pemprov Banten dan Pemkot Tangerang Selatan serta Tindak Pidana Pencucian Uang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (31/10/2019). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mobil Mewah

Wawan juga diketahui memberikan mobil-mobil mewah kepada sejumlah artis. Nama-nama artis muncul dalam dakwaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang disampaikan di sidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis lalu.

Disampaikan Antaranews.com, artis yang namanya disebut dalam dakwaan itu adalah Jennifer Dunn, Catherine Wilson, Rebecca Reijman, Aimah Mawaddah Warahmah (Aima Diaz), dan Reny Yuliana.

Seperti apa detailnya? Ikuti selengkapnya.

1. Jennifer Dunn

Di hadapan wartawan, Jedun tak kuasa menahan air matanya. Apalagi ia harus berlebaran di tahanan untuk menyelesaikan masa tahanannya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Mobil Toyota Alphard putih diberikan kepada Jennifer Dunn oleh Wawan. Disampaikan bahwa mobil tersebut dibeli Wawan pada 6 Juli 2013 dengan harga Rp 910 juta secara tunai.

Transaksi pembelian mobil ini mengatasnamakan Jennifer Dunn. Di luar mobil mewah, Jennifer Dunn juga pernah mendapat uang transfer dari Wawan pada 24 Juni 2016 sebesar Rp 44,591 juta melalui rekening atas nama Jennifer Dunn.

2. Rebecca Soejatie Reijman

Model dan penyanyi, Rebecca Reijman, berpose usai latihan Muay Thai di rumahnya di Depok, Jawa Barat, Minggu (23/12). Beladiri Muay Thai dipilihnya untuk menjaga kebugaran dan sebagai pertahanan diri. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Selanjutnya nama penyanyi Rebecca Soejatie Reijman alias Rebecca Reijman juga disebut mendapatkan mobil mewah dari Wawan.

Rebecca disebut menerima Honda CRV abu-abu seharga Rp 383 juta. Mobil ini dibeli Wawan pada Januari 2012 melalui proses tukar tambah dengan mobil Toyota Altis Wawan seharga Rp 121 juta, serta asuransi 1 tahun senilai Rp 11.565.000. Sisa pembayaran ini dilunasi Wawan.

Selanjutnya, Wawan memberikan mobil tersebut kepada Rebecca. Namun pada April 2013, Rebecca menjual mobil pemberian Wawan itu kepada Asep Buntoro sebesar Rp 258 juta. Uang penjualan akhirnya disita oleh KPK selama proses penyidikan.

3. Catherine Wilson

Catherine Wilson

Pada 17 Januari 2009, Wawan membeli mobil Nissan Elgrand dengan harga Rp 650 juta. Mobil abu-abu muda metalik ini ternyata memiliki kaitan dengan Catherine Wilson

Disebutkan bahwa sekitar bulan Mei 2012, mobil ini telah dibalik nama. Nama Catherine Wilson pun tertera sebagai pemiliknya.

4. Aima Diaz

Wawan juga pernah mengalihkan kepemilikan satu unit mobil BMW 320i AT E90 pada 2005 kepada aktris FTV Aima Mawaddah Warahmah alias Aima Diaz.

Namun, pada akhirnya Aima Diaz menjual mobil yang aslinya milik Wawan tersebut denngan harga Rp 235 juta. Uang penjualan juga sudah disita KPK.

5. Reny Yuliana

Nama artis terakhir yang disebut adalah Reny Yuliana. Reny disebut pernah menerima mobil Mercedez Benz tipe C200 dari Wawan. Mobil ini dibeli Wawan dengan uang muka Rp 214.090.979 dengan sisa angsuran 23 kali.

Awal mulanya, Wawan memberikan mobil ini kepada Agus Puji Raharjo, caleg DPRD Tangsel. Namun Agus mengembalikannya. Wawan pun menyerahkannya kepada Reny. Oleh Reny, mobil ini kemudian dijual seharga Rp 284 juta. Uang hasil penjualan juga sudah disita KPK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbeda dari Pemimpin ASEAN Lain, FIFA Hadiahi Presiden Jokowi Jersey Nomor 21

Posted: 02 Nov 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mendapat jersey bernomor punggung 21 dari FIFA. Itu terlihat dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA.

Penandatanganan MoU itu berlangsung di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). MoU tersebut berbicara tentang pengembangan dan peningkatan sepak bola dengan tujuan mendorong pembangunan sosial serta gaya hidup sehat di kawasan.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi dan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN dan disaksikan oleh para pemimpin negara-negara ASEAN.

Presiden Jokowi beserta enam pemimpin ASEAN lainnya diberikan jersey berwarna biru sebagai cendera mata dari FIFA. Khusus untuk Jokowi, FIFA memberi nomor punggung 21.

Nomor itu bermaksud melambangkan Indonesia yang telah terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia di bawah usia 20 pada tahun 2021 nanti. Di saat yang sama, para pemimpin ASEAN lainnya diberikan jersey bernomor punggung 9 dan 10.

Salah seorang delegasi FIFA yang hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa nomor punggung 9 diperuntukkan bagi para kepala pemerintahan. Sementara nomor punggung 10 diberikan kepada para kepala negara.

 

 

Empat Kerjasama

Presiden Jokowi bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN menunjukkan jersey bertuliskan nama masing-masing disaksikan Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) pada acara penandatanganan MoU antara ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, ada empat kerjasama yang dijalin ASEAN dengan FIFA.

"Yang pertama adalah promotion of sport integrity, yang kedua adalah sport for development, yang ketiga adalah FIFA football for school programme, dan yang keempat adalah professional capacity building," ujarnya dalam rilis yang diterima Liputan6.com

10 Stadion

Di sisi lain, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sudah diketahui sejak Kamis (24/10/2019). Indonesia mengalahkan Brasil dan Peru yang juga berniat menjadi tuan rumah.

Menurut informasi yang beredar, ada 10 stadion yang telah disiapkan untuk menggelar Piala Dunia U-20. Delapan stadion di Pulau Jawa, satu stadion di Palembang, dan satu stadion di Bali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Wamenag soal Usulan Jokowi Ubah Diksi Radikalisme Jadi Manipulator Agama

Posted: 02 Nov 2019 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid merepons usulan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal perubahan diksi radikalisme menjadi manipulator agama. Zainut tak  mempermasalahkan usulan perubahan diksi tersebut.

Zainut menuturkan, apapun sebutan pengganti yang digunakan Jokowi terhadap radikalisme merupakan satu semangat yang benar yakni menghilangkan segala potensi pemicu pemecah belah bangsa.

"Semangat bapak presiden memahami agama itu dalam konteks yang benar, karena benar agama itu hadir untuk memberikan kedamaian," ujar Zainut saat menghadiri acara gerak jalan kerukunan di depan Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Ia menegaskan, tindakan radikal sama sekali tidak bisa dikonotasikan terhadap ajaran agama sebagai bentuk kekerasan. Agama, kata dia, memandu manusia hidup dalam ketentraman, kedamaian, dan menyatukan seluruh manusia.

"Agama hadir untuk memberikan kasih sayang, agama hadir untuk mempersatukan kita, bukan memecah belah kita," kata Zainut.

Usulan Jokowi mengubah diksi radikalisme menjadi manipulator agama disampaikan saat memimpin rapat terbatas terkait penyampaian program dan kegiatan Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 31 Oktober 2019.

Jokowi mengatakan, perlu ada upaya serius untuk mencegah meluasnya aksi radikalisme.

 

Serahkan ke Menko Polhukam

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lalu melempar wacana mengubah istilah radikalisme menjadi manipulator agama. Jokowi menyerahkan kepada Menko Polhukam Mahfud Md untuk mengkoordinasikan hal ini.

"Atau mungkin enggak tahu, apakah ada istilah lain yang bisa kita gunakan, misalnya manipulator agama. Saya serahkan kepada Pak Menko Polhukam untuk mengkoordinasikan masalah ini," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa salah satu fokus pemerintahannya lima tahun kedepan adalah pemberantasan radikalisme dan intoleransi. Dia ingin kedua hal ini dilakukan secara konkret.

"Terkait Menteri Agama, (pertama) sejarah juga telah ada menteri agama dari TNI. Kedua, kita ingin yang berkaitan dengan radikalisme, yang berkaitan intoleransi itu betul-betul secara konkret bisa dilakukan oleh Kementerian Agama," jelas Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 23 Oktober 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah 1-3 dari Levante, Valverde Akui Performa Tandang Barcelona Buruk

Posted: 02 Nov 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengakui timnya punya masalah saat melakoni laga tandang. Hal itu dikatakan Valverde usai Barcelona secara mengejutkan takluk 1-3 dari Levante dalam lanjutan Liga Spanyol, Minggu (3/11/2019) dinihari WIB.

"Saya harus akui, kami punya masalah di luar Camp Nou (markas Barcelona, red)" ujar Valverde seperti dilansir Football Espana.

Barcelona sejatinya lebih dijagokan menang dalam laga tersebut. Maklum, Blaugrana unggul secara materi tim dan kualitas.

Namun nama besar Barcelona ternyata tak ada ampuhnya di stadion Ciudad de Valencia dinihari tadi. Unggul lebih dulu lewat penalti Lionel Messi (38'), Barcelona menyerah usai Levante memborong tiga gol pada babak kedua.

Gol-gol Levante masing-masing dicetak Campana (61'), Borja Mayoral (63'), dan Nemanja Radoja (68'). Barcelona pun pulang dengan tangan hampa dari lawatannya kali ini.

Kekalahan tandang dari Levante membuat Barcelona hanya sukses menang dua kali dari lima laga tandang di musim ini. Sisanya, Barcelona imbang 2-2 melawan Osasuna, dan kalah 0-2 dari Getafe.

"Saya telah mengatakan ini sebelumnya dan saya khawatir dengan penampilan tandang kami," kata pelatih berusia 55 tahun tersebut.

 

Hilang Konsentrasi di Babak Kedua

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Valverde mengatakan, pertandingan tandang sejatinya harus dimainkan dengan hati-hati dan teliti. Sayangnya, Messi dkk. seperti kehilangan konsentrasi pada babak kedua saat melawan Levante.

Terbukti, tiga gol lawan bersarang di gawang Marc Andre Ter Stegen pada babak kedua. "Saya kira kami kebingungan di babak kedua," kata Valverde mengakhiri.

Masih di Puncak Klasemen

Kekalahan 1-3 dari Levante tak membuat tempat Barcelona di puncak klasemen tergeser. Mereka mengantongi 22 poin dari 11 kali bermain.

Namun Barcelona gagal menjauh dari kejaran Real Madrid di peringkat kedua. Pasalnya, jumlah poin kedua raksasa Spanyol itu sama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Cristiano Ronaldo Sebut Putranya Korban Mafia Sepak Bola

Posted: 02 Nov 2019 08:10 PM PDT

Turin - Ibu Cristiano Ronaldo, Dolores Aveiro, melontarkan penyataan kontroversial. Ia menyebut anaknya adalah korban dari mafia sepak bola.

Dolores Aveiro mengatakan tentang Cristiano Ronaldo kepada surat kabar A Bola di sebuah acara. Dalam kesempatan itu, dia bicara tentang sisi gelap sepak bola.

"Ada mafia di sepak bola," kata Dolores Aveiro, seperti dikutip dari Football Italia. "Jika Anda lihat apa yang terjadi, kita bisa melihat kalau itu adalah pekerjaan mafia."

"Andai dia (Ronaldo) orang Inggris atau Spanyol, mereka takkan melakukan itu kepadanya," timpal Dolores.

"Namun, dia orang Portugal dan dari Madeira, dan itulah yang terjadi," imbuh Dolores Aveiro.

Sang ibunda kemudian juga bicara tentang Ballon d' Or, di mana Cristiano Ronaldo berpeluang mengukir rekor dengan Bola Emas yang keenam.

Pantas Menang

Cristiano Ronaldo dan ibunya Dolores Aveiro (USA Today)

"Saya tak tahu apakah dia akan mendapatkannya," ujar Dolores Aveiro. "Namun, saya yakin dan dia pantas mendapatkannya."

"Jika kita melihat apa yang sudah dia lakukan sepanjang tahun, dia pantas mendapatkannya," tegas ibu Cristiano Ronaldo tersebut.

Di tahun 2019, Ronaldo telah mencetak 12 gol liga untuk Juventus, dan enam gol di Liga Champions.

 

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 2/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Vespa Primavera S Edisi Terbatas yang Terlihat Lebih Dinamis

Posted: 02 Nov 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan kesuksesan edisi terbatas dari Vespa Primavera 50th Anniversary dan Vespa Primavera Yacht Club, PT Piaggio Indonesia kembali meluncurkan Primavera S edisi terbatas 2019. Skuter asal Italia ini, tampil lebih dinamis dan penuh gaya, dari Vespa yang selalu menjadi ikon kebebasan bagi generasi muda.

Vespa Primavera S Edisi Terbatas terbaru ini didasarkan pada orisinalitas nuansa elegan dan klasik keluarga Vespa Primavera. Tampil dengan sentuhan dinamis dan modern yang merepresentasikan cita rasa tinggi dan mewah tersendiri bagi para pecinta Vespa. Model ini ditawarkan dengan dua warna khusus, yaitu Orange Tramonto dan Grey Stile.

"Dengan diperkenalkannya edisi terbatas Vespa Primavera S ini, kami menggabungkan sportivitas yang disempurnakan dengan keanggunan baru untuk menampilkan Vespa yang unik dengan kharisma yang memikat. Didedikasikan bagi para pengendara yang sporty sekaligus penuh gaya," kata Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (2/11/2019).

Vespa Primavera S Edisi Terbatas ini dilengkapi dengan pelek 12 inci, dibuat dengan paduan aluminium dan dengan desain lima jeruji, meningkatkan stabilitas, aspek keselamatan, serta cengkraman yang lebih baik di semua permukaan di berbagai kondisi jalan.

Selain itu, skuter ini juga dilengkapi dengan lampu LED depan dan belakang, lampu LED daytime running light, sistem anti-pencurian (immobilizer), dan rem cakram depan ABS yang melengkapi fitur keselamatan produk ini. Seperti jajaran Vespa Primavera S lainnya, Edisi Terbatas ini juga dilengkapi dengan USB charging port untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat membutuhkan pengisian daya untuk ponsel, tablet, dan perangkat elektronik kecil.

Mesin dan Harga

Vespa Primavera S Edisi Terbatas dilengkapi dengan mesin i-get 150 cc 4-tak satu silinder berpendingin udara yang modern dilengkapi dengan injeksi elektronik dan distribusi 3-katup.

Setiap detail mulai dari knalpot hingga struktur bagian dalam casing transmisi didesain untuk memberikan pengalaman berkendara yang tenang, smooth, dan nyaman.

Vespa Primavera S Edisi Terbatas 2019 ini ditawarkan dengan harga Rp47,2 juta (on the road Jakarta).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Sekjen PBB, Jokowi Bahas Krisis Kemanusiaan di Rakhine State dan Palestina

Posted: 02 Nov 2019 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Isu krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar dan Palestina masih menjadi perhatian Presiden Jokowi saat menggelar pertemuan bilateral dengan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres di Pleno KTT ke-35 ASEAN, Bangkok, Thailand.

Jokowi menyampaikan pandangannya terkait situasi terkini di dua wilayah tersebut. Ia menyatakan, kesiapan Indonesia untuk turut berkontribusi bagi upaya penyelesaian masalah.

"Presiden menyampaikan observasinya terhadap dua isu tersebut. Sekali lagi, Indonesia secara aktif bersedia, more than ready, untuk berkontribusi dalam upaya penyelesaian dua masalah yang tidak mudah itu," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral.

Sekjen PBB menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi atas kontribusi Indonesia dalam upaya penyelesaian masalah kemanusiaan di dua wilayah tersebut.

Meski situasi di Rakhine State dan Palestina belum stabil, Jokowi dan dan Gutterres punya pandangan yang sama. Keduanya meminta semua negara menjaga asa bagi penyelesaian krisis tersebut.

"Kita tidak boleh putus asa. Kita harus terus berusaha karena dua-duanya pada akhirnya menyangkut masalah kemanusiaan," tutur Retno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Selama pertemuan bilateral tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menko Polhukam Mahfud Md, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ingin ASEAN Perkuat Kerja Sama Hadapi Kondisi Global

Posted: 02 Nov 2019 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para pemimpin negara-negara yang tergabung dalam Asscociation of South East Asian Nations (ASEAN) menyoroti situasi dunia saat ini yang diwarnai banyak ketidakpastian, hingga revisi pertumbuhan ekonomi.

Ini terungkap dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35, di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019).

"Oleh karena itu, rata-rata para pemimpin termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa menjadi lebih penting, apa artinya bagi ASEAN untuk memperkuat kerja sama," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengutip laman Sekretariat Kabinet, Minggu (3/11/2019).

Dia mengatakan, penguatan kerjasama itu  perlu karena para pemimpin ASEAN menyadari dibandingkan dengan kawasan lain, situasi Asia Tenggara masih lebih baik.

Ini dilihat dari sisi stabilitas politik maupun dari sisi pertumbuhan ekonomi yang masih di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia.

"Karena itu, rata-rata para pemimpin menyampaikan harapan ASEAN bahwa kita bisa akan menyelesaikan perundingan mengenai Kerjasama Ekonomi Komprehensi di kawasan Regional atau Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP)," lanjut Retno.

ASEAN memiliki harapan yang jelas united very clear dan jelas agar RCEP Ini dapat diselesaikan negosiasinya.

 

Angkat Tiga Hal

Presiden Jokowi Menggelar Pertemuan Bilateral dengan Sekjen PBB, Antinio Guterres di Pleno KTT ke-35 ASEAN, Bangkok, Thailand, Minggu (3/11/2019). (Foto: Biro Pers Setpres)

 

Menurut Menlu Retno Marsudi, dalam Plenary KTT ke-35 ASEAN itu, Presiden Jokowi mengangkat tiga hal. Pertama, Indopacific, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah atau akan menyelenggarkan Indopacific Infrastructur and Connectivity Forum pada tahun 2020.

Kedua masalah Rakhine. Presiden menyampaikan kesiapan berkontribusi dalam Tim Ad Hoc Task Force.  Presiden mengatakan jika dialog dengan para pengungsi yang ada di Cox's Bazar dan yang ada di Rakhine State itu perlu untuk terus dilakukan.

Dengan dialog dan komunikasi itu akan muncul trust, yang sangat besar artinya bagi persiapan repatriasi yang sukarela, aman, dan bermartabat.

Jokowi juga mengharapkan agar prioritas proyek yang sudah disepakati pada tingkat technical working group antara ASEAN dengan Myanmar.

"Ada beberapa prioritas kerjasama agar segera ditindaklanjuti. Presiden Jokowi mengatakan Indonesia siap memberikan kontribusi. Jadi, artinya apa? Kita tidak hanya bicara tapi walk the talk, kita bicara dan kita memberikan kontribusi," ungkap Menlu.

Saat menghadiri Plenary KTT ke-35 ASEAN itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menlu Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sadar dari Koma, Ini 6 Potret Dylan Carr Dirawat Intensif di Rumah Sakit

Posted: 02 Nov 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintang sinetron Anak Langit, Dylan Carr masih jadi perbincangan. Ia terlibat kecelakaan lalu lintas di Tol Jakarta Outer Ring Road KM 36 Cikunir, pada Kamis (31/10/2019) kemarin. Kecelakaan yang menimpanya ini juga membuat Dylan Carr mengalami brain swelling atau pembengkakan otak. Ayah Dylan Carr, Terrence Carr juga mengatakan putranya dalam kondisi induced koma atau dibuat koma.

Setelah mengalami koma pascaoperasi, Dylan Carr akhirnya sadar. Kabar baik ini diketahui dari laman instagram sang ayah. Meski Dylan sudah sadar namun pria kelahiran 1995 ini tak ingat dengan peristiwa nahas yang sempat ia alami.

Dylan sendiri mengaku pandangannya kabur. Hal ini mungkin disebabkan matanya yang mengalami pembengkakan karena terbentur saat kecelakaan.

"Kabar baik. Dia telah sadar dan berbicara dengan kami. Sedikit bingung dan tak mengingat kecelakaan yang dialami," kata ayah Dylan Carr, di Instagram Stories-nya, Jumat (1/11/2019).

Tak hanya sang ayah, manajer pemeran Rimba dalam sinteron Anak Langit, Arif ini juga menyampaikan kabar tersebut. Meski Dylan sudah sadar namun aktor berdarah Inggris-Italia-Indonesia ini masih harus menjalani perawatan intensif. Manajernya juga menunjukkan foto-foto Dylan saat sedang menjalani perawatan intensif, berikut Liputan6.com ulas potret Dylan Carr menjalani perawatan intensif di rumah sakit, Minggu (3/11/2019) 

1.Meski Dylan Carr sudah sadar dari koma, sang manajer, Arif menungkapkan Dylan masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Dylan Carr Dirawat Intensif di Rumah Sakit(Sumber: Kapanlagi)

2. Sadar dari koma, pria kelahiran 1995 ini tak ingat dengan persitiwa nahas yang sempat ia alami.

Dylan Carr Dirawat Intensif di Rumah Sakit(Sumber: Kapanlagi)

3. Pria kelahiran Belitung itu terbaring lemah dengan selang dan perban yang membalut kepalanya.

Dylan Carr Dirawat Intensif di Rumah Sakit(Sumber: Kapanlagi)

4. Pemeran Rimba di sinetron Anak Langit ini menggunakan selang sebagai alat bantu pernafasan.

Dylan Carr Dirawat Intensif di Rumah Sakit(Sumber: Kapanlagi)

5. Di tangan Dylan ada sebuah boneka untuk menemani sang aktor.

Dylan Carr Dirawat Intensif di Rumah Sakit(Sumber: Kapanlagi)

6. Sejumlah rekan seleb dan warganet pun mendoakan agar pria 24 tahun ini segera pulih.

Dylan Carr Dirawat Intensif di Rumah Sakit(Sumber: Kapanlagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jersey Nomor 21 dari FIFA untuk Jokowi dan Indonesia

Posted: 02 Nov 2019 08:01 PM PDT

Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan jersey nomor punggung 21 kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada acara penandatanganan MoU antara ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan jersey nomor punggung 21 kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada acara penandatanganan MoU antara ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden Jokowi bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN menunjukkan jersey bertuliskan nama masing-masing disaksikan Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) pada acara penandatanganan MoU antara ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden Jokowi bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN menunjukkan jersey bertuliskan nama masing-masing disaksikan Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) pada acara penandatanganan MoU antara ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN menunjukkan jersey bertuliskan namanya masing-masing usai menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN menunjukkan jersey bertuliskan namanya masing-masing usai menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). Penandatanganan itu dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN dan disaksikan para pemimpin negara-negara ASEAN. (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). Penandatanganan itu dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN dan disaksikan para pemimpin negara-negara ASEAN. (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN berfoto dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN berfoto dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN berfoto dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN berfoto dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Aromaterapi dari Brand Lokal yang Wajib Dicoba

Posted: 02 Nov 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menciptakan kenyamanan dalam hunian dapat diwujudkan dalam beragam cara. Setelah sepekan bergulat dengan aktivitas yang padat, tak ada salahnya untuk bersantai di rumah ditemani aromaterapi menggunakan minyak esensial agar tubuh lebih rileks.

Selain sebagai pewangi ruangan, aromaterapi juga dapat memberikan beragam efek baik bagi tubuh. Pengalaman menikmati waktu senggang bersama minyak esensial kian terasa apik dengan pilihan wangi sesuai fungsi.

Kehadiran minyak esensial sebagai aromaterapi dari brand lokal pun tak boleh dilewatkan. Apa saja brand yang wajib dicoba? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals didirikan di Karangasem, Bali pada 2000. Brand perawatan natural ini menghadirkan beragam produk mulai dari untuk tubuh wajah, personal care, hingga gaya hidup seperti minyak esensial.

Dilansir sensatia.com, terdapat 10 varian minyak esensial yang meliputi cleopatra rose botanical blend, energizing botanical blend, relaxation botanical blend, seaside citrus botanical blend, eucalyptus leaf essential oil, jasmine sambac essential oil, lavender bud essential oil, lemongrass essential oil, patchouli leaf essential oil, dan tea tree leaf essential oil.

Setiap minyak esensial memiliki kegunaan yang berbeda-beda, sebut saja lavender bud dengan aroma lavender yang membantu mengurangi rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya bisa meringankan iritasi kulit.

Ke-10 minyak esensial ini dapat digunakan untuk seluruh jenis kulit. Produk minyak esensial dari Sensatia Botanicals dijual mulai harga Rp85 ribu hingga Rp100 ribu.

 

2. Utama Spice

Essential oil Utama Spice. (dok. Instagram @utamaspice/https://www.instagram.com/p/B4CKBXFAfKx/Putu Elmira)

Satu lagi brand perawatan kulit tradisional yang berbasis di Bali, Utama Spice. Brandd yang 100 persen menggunakan bahan-bahan alami ini menghadirkan macam-macam produk seperti untuk aromaterapi, perawatan wajah, bath and body, hingga wellness.

Dilansir utamaspicebali.com, minyak esensial Utama Spice dapat diencerkan dalam carrier minyak seperti minyak kelapa murni dan minyak jojoba untuk menciptakan aromaterapi dan campuran yang unik.

Utama Spice memiliki bermacam pilihan minyak esensial mulai dari bergamot, cajuput, cananga, citronella, orange, origanum, palmarosa, patchouli, rose geranium, rosemary, tangerine, tea tree, turmeric, vetivert, dan masih banyak lagi. Harganya pun mulai dari Rp33 ribu hingga Rp251.350.

3. Organic Supply Co.

Ada pula brand Organic Supply Co. yang didirikan pada 2015. Kehadiran brand ini memenuhi atas meningkatnya kebutuhan akan bahan aromaterapi dengan harga terjangkau di Indonesia.

Organic Supply Co. menghadirkan begitu banyak varian minyak esensial. Mulai dari rosemary, ginger, peppermint, lemon, frankincense, clary sage, sweet orange, lemongrass, geranium, rose absolute, dan masih banyak lagi. Minyak esensial dijual mulai Rp65 ribu hingga Rp1,5 juta.

Dilansir organicsupply.co.id, salah satu varian, minyak esensial sweet orange berasal dari cold pressed dari kulit jeruk manis yang dipilih sendiri. Minyak esensial ini digunakan untuk membantu meningkatkan suasana hati dan semangat.

4. Botanicabeauty.id

Essential oil Botanicabeauty.id. (dok. Instagram @botanicabeauty.id/https://www.instagram.com/p/B3bUVaUpZmm/Putu Elmira)

Botanicabeauty.id jadi salah satu brand lokal untuk perawatan kulit alami. Di dalamnya, terdapat sederet produk seperti premium oils, deluxe oils, face toner, face mask, cleansing oil, hingga essential oil.

Merujuk dari laman botanicabeauty.id, terdapat lima jenis minyak esensial yang dihadirkaan. Sebut saja lemongrass essential oil seharga Rp56 ribu yang tengah diskon menjadi Rp44.800 yang bermanfaat mulai dari pengharum ruangan untuk membuat pikiran rileks, mengurangi depresi, antiseptik alami, mengurangi demam, pereda nyeri, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Ada pula tea tree dan peppermint essential oil yang dijual seharga Rp70 ribu. Peppermint sssential oil dapat melegakan pernapasan, merelaksasi otot, dapat menambah energi, hingga menjadi obat sakit kepala dan migrain.

5. Skin Dewi

Bagi pecinta produk perawatan natural lokal, tentu tidak asing lagi dengan Skin Dewi. Brand ini juga menyediakan banyak pilihan minyak esensial dari harga Rp15.500 hingga Rp695 ribu.

Varian tersebut meliputi balsam fir, benzoin wild crafted, bergamot, blood orange, black pepper, cajeput, cananga, cardamom, cedarwood virginia, chamomile roman essential oil, dan lainnya.

Dilansir skindewi.com, minyak esensial Benzoin Resinoid adalah minyak yang menghangatkan, menyejukkan, dan meremajakan dengan aroma balsamic yang manis. Benzoin yang digunakan dalam minyak esensial ini telah diekstraksi dari pohon khusus yang tumbuh liar di Sumatera.

6. Bathaholic

Tak ketinggalan, brand lokal Bathaholic yang juga menghadirkan beragam varian perawatan. Satu di antaranya adalah minyak esensial yang dijual berkisar harga Rp80 ribu hingga Rp375 ribu.

Pilihan minyak esensial yang dihadirkan mulai dari peppermint, lemon, lemongrass, lavender, eucaliyptus radiata, vanila, sweet orange, sandalwood, ylang-ylang, lavender, stress relief, clarity aromatheraphy essential oil, dan masih banyak lagi.

Lavender essential oil mengandung zat untuk membuat tidur lebih nyenyak, mengobati insomnia, mengusir serangga, membantu mengurangi sakit kepala, hingga membuat otot rileks saat istirahat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Wartawan Ditemukan Tewas Mengenaskan di Labuhanbatu

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Labuhan Batu Warga yang berada di Dusun VI, Desa Wonosari, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), dihebohkan oleh penemuan dua jenazah di dalam parit yang berada di area Kompleks PT Sei Alih Berombang (SAB)/Koperasi Serba Usaha (KSU) Amalia.

Saat pertama kali ditemukan, kondisi kedua jenazah tersebut dalam kondisi mengenaskan. Satu ditemukan di area pergudangan kontainer di kompleks tersebut, Rabu, 30 Oktober 2019, dan satu lagi ditemukan 200 meter dari lokasi penemuan jenazah pertama, Kamis, 31 Oktober 2019, sekitar pukul 16.00 WIB.

Informasi diperoleh Liputan6.com, kedua jenazah itu diketahui atas nama Maraden Sianipar (55) warga Jalan Gajah Mada, Kecamatan Rantau Utara. Satunya lagi atas nama M Siregar alias Sanjai Siregar. Keduanya diketahui berprofesi sebagai wartawan di media lokal.

Dugaan tersebut mengarah kepada ditemukannya luka bacokan senjata tajam dan tanda-tanda kekerasan lainnya di sekujur tubuh keduanya.

Sebelum ditemukan tewas, pada Selasa, 29 Oktober 2019, sekitar pukul 17.00 WIB, Maraden dan Sanjai diketahui sempat meminjam sepeda motor milik Burhan Nasution, warga Panai Hilir. Keduanya berangkat ke ladang melewati kebun kelapa sawit milik PT SAB/KSU Amalia.

Maraden dan Sanjai tidak kunjung pulang. Hal ini membuat Burhan melaporkannnya ke Polsek Panai Hilir. Polisi berangkat menuju PT SAB/KSU Amelia untuk menelusuri keberadaan korban.

Setelah dilakukan pencarian, tepatnya di dalam parit di belakang gudang ditemukan jenazah korban. Hal ini juga dibenarkan oleh Kapolsek Panai Hilir, AKP Budiarto. Kondisi Maraden saat ditemukan mengalami sejumlah luka bacokan, seperti di bagian mulut, kepala, dan punggung.

"Benar, keduanya ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa," kata AKP Budiarto, Minggu (3/11/2019).

Jenazah Maraden dibawa ke Rumah Sakit (RS) Djasamen Saragih, Pematang Siantar, untuk menjalani autopsi. Sementara jenazah Sanjai dibawa ke Puskesmas Sei Berombang untuk dilakukan pemeriksaan awal medis.

Menurut Kapolsek, penemuan kedua jenazah wartawan tersebut terkait dengan dugaan pembunuhan. Dugaan sementara mengarah kepada keterkaitan indikasi penguasaan sengketa lahan perkebunan yang telah disita untuk dijadikan kawasan hutan.

"Lokasi penemuan mayat sudah dijadikan kawasan hutan. Disita Dinas Kehutanan. Kita masih melakukan pengembangan dalam kasus ini. Kita telah cek TKP, melakukan pemeriksan saksi-saksi dan membawa mayat untuk autopsi," ungkapnya.

 

Dugaan Penyebab Kematian

Ilustrasi (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Sanjai dikenal sebagai orang yang sejak lama aktif menyoroti status lahan garapan PT SAB/KSU Amelia. Sanjai pernah memimpin puluhan masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Bupati Kabupaten Labuhanbatu beberapa waktu lalu.

Dalam aksi tersebut, Sanjai dan masyarakat menuntut agar diperbolehkan masuk ke areal lahan garapan yang selama ini dikuasai PT SAB/KSU Amelia sejak tahun 2005. Mereka meyakini lahan seluas 760 hektare merupakan tanah hak milik masyarakat Desa Wonosari.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Independen Asset Negara (LIPAN), Syamsul Sitepu menyebut, di areal PT SAB/KSI Amelia sering terjadi tindak kekerasan, bahkan tindakan pembacokan dan keributan yang sudah berulang kali terjadi.

"Sanjai memang getol menyoroti dan mengkritisi soal lahan itu. Berulang kali terjadi keributan di sana. Pembacokan dilakukan oleh oknum orang suruhan," ujarnya.

Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dikabarkan telah mengeksekusi lahan perkebunan kelapa sawit milik PT SAB/KSU Amelia. Perkebunan itu diduga sudah puluhan tahun beroperasi tanpa izin dan tidak memiliki duplikat kepemilikan yang sah.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Tingkah Nyeleneh yang Dilakukan Saat Hujan

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini Indonesia tengah menghadapi musim penghujan dengan intensitas hujan dari yang rendah hingga tinggi. 

Biasanya saat hujan banyak orang yang malas untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Ya, berdiam diri di dalam rumah nampaknya menjadi hal yang sangat nyaman ketika hujan.

Namun siapa sangka, tak sedikit pula orang yang tetap beraktivitas di tengah hujan. Bahkan tak sedikit yang melakukan hal-hal kelewat absurd dan kocak sambil hujan-hujanan

Artikel tentang kelakuan absurd orang di tengah hujan yang kelewat santai menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang karakter wanita dilihat dari model rambutnya. Sementara artikel ketiga terpopuler tentang posting status galau dengan cara unik, unggahan pegawai minimarket viral.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Kelakuan Absurd Orang di Tengah Hujan, Kelewat Santai

foto: @meme.comik.indonesia

Memasuki musim penghujan ada baiknya kita selalu sedia payung saat bepergian ke luar rumah. Jangan sampai kalian harus terjebak hujan saat beraktivitas di luar ruangan.

Biasanya saat hujan banyak orang yang malas untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Ya, berdiam diri di dalam rumah nampaknya menjadi hal yang sangat nyaman ketika hujan.

Selengkapnya...

2. Panjang atau Pendek, Begini Karakter Wanita Dilihat dari Model Rambutnya

Ilustrasi Wanita (pixabay.com)

Bagi kaum hawa, Rambut menjadi 'Mahkota' terindah. Rambut menjadi hal yang sangat berharga sehingga membuat wanita menjadi sangat percaya diri.

Namun setiap wanita tentu memiliki model rambut favorit yang berbeda-beda. Ada yang senang berpenampilan dengan wambut panjang, namun ada juga yang lebih memilih rambut pendek.

Selengkapnya...

3. Posting Status Galau dengan Cara Unik, Unggahan Pegawai Minimarket Ini Viral

Sumber: Instagram @mbaihaki

Untuk mengungkapkan sebuah perasaan galaunya biasanya setiap pria memiliki cara tersendiri, seperti menyanyikan sebuah lagu patah hati, menenangkan diri sendiri, menghapus foto mantan atau melakukan hal lainnya untuk menuangkan segala rasa kekecewaan yang ia rasakan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: 7 Wisata Kuliner Probolinggo Paling Hits

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wisata kuliner Probolinggo mungkin kalah dengan gaung wisata alamnya, yaitu Gunung Bromo. Hal ini karena Gunung Bromo sudah dikenal lama oleh wisatawan. Namun, tentunya tidak lengkap berkunjung ke Probolinggo bila belum mencicipi kuliner khas-nya. 

Wisata kuliner Probolinggo ini dapat membuat pengalaman liburanmu ke Probolinggo semakin seru dengan aneka rasa makanan yang unik. Mulai dari Rawon, soto, bakso, hingga rumah makan legendaris yang sudah terkenal dan dijamin rasanya bisa kamu kunjungi.

Wisata kuliner probolinggo yang menggugah selera dapat membuat kamu menjadi ketagihan. Bagaimana tidak, dengan bumbu atau rempah-rempah khas yang memanjakan lidah, kamu akan menyesal tidak mencoba kuliner Probolinggo ini.

Artikel wisata kuliner Probolinggo paling hits selalu menggugah selera menyita perhatian di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut tiga artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Minggu, (3/11/2019):

1.7 Wisata Kuliner Probolinggo Paling Hits Selalu Menggugah Selera

Wisata kuliner Probolinggo mungkin kalah dengan gaung wisata alamnya, yaitu Gunung Bromo. Hal ini karena Gunung Bromo sudah dikenal lama oleh wisatawan. Namun, tentunya tidak lengkap berkunjung ke Probolinggo bila belum mencicipi kuliner khas-nya. 

Wisata kuliner Probolinggo ini dapat membuat pengalaman liburanmu ke Probolinggo semakin seru dengan aneka rasa makanan yang unik. Mulai dari Rawon, soto, bakso, hingga rumah makan legendaris yang sudah terkenal dan dijamin rasanya bisa kamu kunjungi.

Wisata kuliner probolinggo yang menggugah selera dapat membuat kamu menjadi ketagihan. Bagaimana tidak, dengan bumbu atau rempah-rempah khas yang memanjakan lidah, kamu akan menyesal tidak mencoba kuliner Probolinggo ini.

Berita selengkapnya baca di sini

2.Perjalanan KA di Surabaya Berubah Mulai 1 Desember 2019, Simak Jadwalnya

Sejumlah perjalanan kereta api akan berubah jadwal perjalanannya, baik jadwal keberangkatan dan kedatangannya, terhitung mulai 1 Desember 2019. Ini seiring diberlakukannya penggunaan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019. 

"Hal tersebut dikarenakan KAI akan menggunakan Grafik Perjalanan KA 2019 yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019, tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero)," kata Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, Sabtu (2/11/2019). 

Suprapto menambahkan, masyarakat bisa memesan tiket pada 1 November 2019 untuk keberangkatan mulai 1 Desember 2019 dan seterusnya secara bertahap di semua kanal pembelian.

Berita selengkapnya baca di sini

3. 5 Pesona Wisata Alam Sidoarjo, Indah dan Eksotis

Salah satu kota di Jawa Timur yang tak kalah menarik adalah Sidoarjo. Kota yang berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di bagian utara ini menyimpan berbagai lokasi wisata yang patut dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, museum hingga wisata baharinya. 

Wisata bahari adalah tujuan wisata yang paling difavoritkan kebanyakan orang. Bagi yang ingin mengunjungi kabupaten Sidoarjo, ada baiknya mencoba mengunjungi wisata alamnya. Pemerintah Sidoarjo pun terus mengembangkan tempat wisata sehingga menjadi lebih menarik dan indah.

Di sektor wisata alam, pemerintah Sidoarjo bahkan akan mengembangkan wisata bahari Lumpur Lapindo. Kejadian pada tahun 2006 ini tentunya masih membekas diingatan masyarakat. Tak ingin terus terpuruk, pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendorong pengembangan potensi wisata yang ada di kawasan Tlocor, Kedungpandan, Sidoarjo, Jawa Timur tersebut. 

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Orang yang Gampang Cemas Suka Nonton Film Horor (1)

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mungkin di sekitar Anda ada orang yang mudah cemas tapi ketika ada film horor rilis dia begitu semangat untuk menontonya.

Walau terkesan kontradiktif pakar kesehatan mental menjelaskan alasan di baliknya. Apa saja?

Pengalih Pikiran

Bagi beberapa orang dengan gangguan kecemasan, film horor memberikan ketakutan nyata yang dapat memfokuskan pikiran mereka.

"Orang dengan gangguan kecemasan akan sadar bahwa pikiran mereka sering terisi dengan berbagai kekhawatiran seperti pekerjaan, keluarga, hubungan romantis, kesehatan, keuangan dan sebagainya," kata terapis dan anggota tim terapi perilaku kognitif The Family Institute at Northwestern University, Amerika Serikat, Jocelyn McDonnell seperti dikutip dari laman Huffington Post.

McDonnell menambahkan bahwa orang dengan gangguan kecemasan seringkali mengalami kesulitan untuk fokus pada apa yang sedang dihadapi. Mereka lebih cenderung mengkhawatirkan masa lalu atau yang akan datang.

Tenggelam dalam alur kisah film horor bisa menjadi 'gangguan' yang menarik atau jalan keluar bagi mereka yang merasa terhambat karena masalah pribadi.

 

Mencari Rasa Lega

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Nestor+Rizhniak

Bagi pasien gangguan kecemasan, menonton film horrr adalah cara untuk mengonfirmasi rasa takut yang mereka hadapi setiap hari.

"Ada kepuasan atau bahkan rasa lega. Pasien dengan gangguan kecemasan bisa mendapat konfirmasi bahwa, 'ya, dunia memang tempat yang berbahaya dan mengkhawatirkan, seperti yang sudah saya katakan serta rasakan selama ini,'" kata profesor psikiatri Stanford University, Amerika Serikat, Elias Aboujaoude.

Di sisi lain, Aboujaoude menjelaskan bahwa ini menonton juga cara untuk menempatkan kecemasan mereka dalam spektrum yang lebih luas.

Sense of control

Kecemasan yang terkait pekerjaan, kesehatan atau hubungan bisa menjadi begitu berat. Sedang masalah yang terkandung dalam film horor terasa lebih bisa dikendalikan.

"Mereka hanya perlu menutup mata bila rasa cemasnya mulai berlebihan. Banyaknya epilog film horor yang berakhir dengan kekalahan monsternya, memberikan penonton perasaan bahwa jika kecemasan ditoleransi, pada akhirnya segalanya akan baik-baik saja. Hal itu berhasil meyakinkan pasien tersebut," kata profesor psikiatri Stanford University, Amerika Serikat, Keith Humphreys.

 

Penulis : Selma Vandika

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Anjing Mengendarai Sepeda Motor

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video memperlihatkan seekor anjing membonceng 2 majikannya menggunakan sepeda motor.

Video tersebut direkam warganet di jalanan sekitar Pernambuco, Brasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Exclusive Live Streaming Shopee Liga 1 2019 Persija Jakarta Vs Tira Persikabo di Vidio

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan menantang Tira Persikabo pada laga pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (3/11/2019). Bagi Persija, tiga poin menjadi harga mati jika ingin segera keluar dari papan bawah.

Persija Jakarta belum keluar dari situasi mengkhawatirkan di Liga 1 2019. Klub berstatus juara musim lalu itu masih berusaha untuk menjauhi zona merah lantaran hingga 23 pertandingan baru mengumpulkan 24 poin.

Selain itu, Persija juga berambisi membalas dendam kekalahan 3-5 pada putaran pertama. Pelatih Persija, Edson Tavares pun ingin timnya bangkit usai takluk 0-2 dari Persib Bandung.

Di sisi Tira Persikabo, tim asuhan Rahmad Darmawan (RD) juga pastinya tak ingin dipermalukan. Apalagi, Tira Persikabo baru saja kalah 0-1 dari Madura United.

Di papan klasemen Shopee Liga 1 2019, Tira Persikabo saat ini menempati peringkat ketujuh. Loris Arnaud dkk. meraup 37 poin, hasil dari 9 menang, 10 imbang, dan 6 kalah.

Laga Persija vs Tira Persikabo akan ditayangkan langsung Indosiar. Selain di Indosiar, laga tersebut dapat dinikmati di live streaming exclusive vidio premier, melalui link ini...

Prediksi Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Fachrudin Wahyudi, Xandao, Rezaldi Hehanusa, Novri Setiawan (belakang) Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute (tengah), Riko Simanjuntak, Rachmad Hidayat, Marko Simic (depan)

Pelatih: Edson Tavares (Brasil)

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper), Khurshed Beknazarov, Zoubairou Garba, Abduh Lestaluhu, Vava Yagalo (belakang), Louise Parfait, Guntur Triaji, Roni Sugeng (tengah), Wawan Febrianto, Ciro Alves, Osas Saha (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Klasemen Liga 1

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melly Goeslaw Jelaskan Kekesalan Soal Gayanya Menjadi Bahan Tertawaan

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melly Goeslaw dibuat murka melihat seorang make up artis kenamaan, Bubah Alfian yang berdandan seperti dirinya di acara pesta kostum Hallowen beberapa waktu lalu.

Yang membuat Melly Goeslaw semakin kesal, ketika melihat beberapa musisi seperti Rossa dan Vidi Aldiano ikut menikmati candaan tersebut dan malah mengunggahnya di media sosial.

Melalui akun Instagramnya, Melly Goeslaw dengan panjang lebar menuliskan kekesalannya gayanya ditiru namun dianggap tak pantas.

Kini Melly Goeslaw melalui video berdurasi 12 menit yang diunggah di Instagram, ia menjelaskan mengapa sampai naik pitam dirinya menjadi bahan candaan.

"Mengenai insiden Hollowen kmrn , ini adalah video terakhir sy. Semoga dpt dipahami oleh semua pihak. Jadikan pelajaran berarti, jgn di ulang lagi ya,...kita semuanya sdh saling maaf2an. Stop Bullying !!!," tulis Melly Goeslaw dalam keterangan foto unggahannya. 

Tak Mempresentasikan dirinya

Melly Goeslaw (Indosiar)

Melly Goeslaw mengaku kesal dengan aksi Bubah Alfian yang menirukan gayanya. Apalagi selama ini ia tidak pernah menggunakan kostum atau busana asal-asalan seperti candaan Bubah Alfian.

"Yang jadi masalah adalah saya engga pernah tampil asal-asalan menjadi unik. Ada banyak pihak yang mensupport saya tampil seperti orang katakan unik, nyentrik dan lain sebagainya. Salah satunya kakak saya Rinaldy Yunardi yang selalu kasih saya headpiece kasih konsep dan lain sebagainya. Jadi kenapa saya dipresent lebih ke kayak apa, kayak pocong item dipakain rok terus pakai hijab terus dipakain topi. Itu tidak representatif sebagai saya gitu. Menurut saya engga mirip sama sekali," kata Melly.

Permainkan Hijab

Potret Melly Goeslaw di Jakarta Fashion Week 2020 (sumber: instagram/melly_goeslaw)

Yang membuat Melly Goeslaw sakit hati, karena ia merasa hijab yang dikenakan bukan untuk bahan bercandaan. Apalagi dikenakan ditempat yang tidak tepat.

"Dan karena itu acara Hallowen saya tersinggung, karena kenapa menampilkan atau melibatkan seseorang yang sudah berhijab di acara seperti itu. Itu engga baik, sama sekali engga baik," katanya.

Bukan Pada Tempatnya.

Melly Goeslaw dengan headpiece Chateau Fleur. (dok. instagram.com/melly_goeslaw/https://www.instagram.com/p/B0X8CFzAZKA/Novi Thedora)

Melly Goeslaw akan sangat memahami apabila candaan itu dilakukan dalam sebuah acara komedi. Meskipun diakuinya, ia tak pernah suka gayanya ditiru oleh orang lain. Ditambah candaan tersebut dianggap menghina sebuah simbol agama.

"Mungkin ceritanya akan beda kalau yang jadi melly itu ada di acara parodi, komedi, seperti di acar tv tv. Saya juga kadang engga suka disama samain tapi kalau acara itu konteksnya komedi ya engga apa-apa. tapi ini konteksnya bukan lagi lucu-lucuan, ini lagi pesta kostum di mana memang pesta Halloween. Kenapa engga sekalian aja ada yang jadi Umi Pipik, UAS, Pastur, Uskup, mau engga. Coba dipikir, jangan pake dengkul mikirnya ya," katanya.

Pesan Melly Goeslaw

Melly Goeslaw dengan headpiece Kinasih. (dok. instagram.com/melly_goeslaw/https://www.instagram.com/p/B05LXY3AdaJ/Novi Thedora)

Dalam video tersebut, Melly Goeslaw mengimbau rekan-rekannya di dunia hiburan untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Ia juga berharap kejadian ini bisa menjadi pembelajaran untuk semua orang termasuk dirinya.

"Jadi hati hati menggunakan media sosial terutama yang senang live atau mainin IG story mesti mikir seribu kali yag kalian shoot itu bukan sekadar objek yang ada di depan kalian, tapi ada suara yang terekam. Mungkin di belakangnya ada orang yang malem itu lagi engga mau diketahui oleh siapapun dia lagi ada disitu. Ini contoh yang sangat bagus. Jangan jadikan ini jadi berita yang dipelintir atau memojokan siapapun, jadikan ini pembelajaran buat semua termasuk buat saya," katanya

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pria Spanyol Lolos dari Dakwaan Perkosaan karena Korban Tidak Sadar

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Sebuah pengadilan di Barcelona membebaskan lima pria dari dakwaan kekerasan seksual pada Kamis, 31 Oktober 2019, setelah mengatakan perbuatan mereka tidak memenuhi unsur pidana pemerkosaan berdasakan hukum lokal. Hal ini karena, korban yang masih remaja saat itu sedang tidak sadar dan tidak melakukan perlawanan

Dikutip dari CNN pada Sabtu, (2/11/2019) di bawah hukum Spanyol, suatu perbuatan hanya dapat digolongkan sebagai pemerkosaan jika pelaku menggunakan kekerasan atau intimidasi.

Karena korban berusia 14 tahun itu tidak sadarkan diri, mereka didakwa dengan pasal pelecehan seksual yang derajat hukumnya lebih rendah.

Kasus itu memperbaharui tekanan pada pemerintah untuk mereformasi hukum dan menetapkan bahwa setiap tindakan seksual tanpa persetujuan merupakan perkosaan atau menurut definisi hukum di Spanyol, kekerasan seksual --yang derajat hukumnya lebih tinggi dengan vonis yang lebih berat.

Pengadilan Barcelona menghukum kelima pria itu 10 hingga 12 tahun penjara, meskipun ada tuntutan bahwa mereka harus didakwa dengan pasal yang derajatnya lebih berat dan serius.

Latar Belakang Kasus

Kasus terjadi di sebuah pesta di Manresa, sebuah kota di barat laut Barcelona, ​​pada 2016. Pengadilan mendengar bahwa kelompok itu berpesta di sebuah pabrik yang ditinggalkan, ketika korban mengonsumsi "alkohol dan narkoba" dan menjadi tidak sadar.

Para lelaki kemudian bergiliran memerkosa korban, menurut sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs web pengadilan.

"Serangan seksual pada korban sangat intens dan sangat merendahkan derajat, dan di samping itu, itu dilakukan oleh anak di bawah umur yang berada dalam situasi tak berdaya," kata pengadilan dalam siaran pers.

Kendati demikian, pengadilan mengatakan serangan itu hanya diklasifikasikan sebagai pelecehan seksual karena "telah terbukti bahwa korban, sementara peristiwa itu terjadi, berada dalam keadaan tidak sadar," menurut sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs webnya.

Pengadilan juga memberi ganti rugi kepada korban yang jika dikonversikan bernilai sekitar Rp 187 juta. Dua pria lagi yang menghadiri pesta itu dibebaskan dari semua kejahatan, kata pengadilan.

Kejadian Serupa

Ilustrasi Pemerkosaan (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sidang itu memicu protes di seluruh Spanyol yang mengingatkan akan tanggapan terhadap kasus serupa di mana lima orang, yang dijuluki "Wolf Pack," pada awalnya dibebaskan dari pemerkosaan dan dinyatakan bersalah atas pelecehan. Mahkamah Agung Spanyol membatalkan keputusan itu pada Juni 2019 setelah satu tahun protes massa. Meja hijau akhirnya menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara kepada para pria itu karena pemerkosaan.

Keputusan tersebut memicu kemarahan warga dan akhirnya melakukan unjuk rasa dengan berkumpul di depan pengadilan selama berbulan-bulan, dengan memegang poster bertuliskan "Ini Pemerkosaan".

Asosiasi Hakim Wanita Spanyol yang giat menyerukan reformasi hukum, mendesak pemerintah untuk bertindak cepat.

Lucia Avilés, seorang hakim dan anggota asosiasi, mengatakan di Twitter pada hari Jumat, 1 Novemver 2019 bahwa masalah ini belum diatasi, meskipun fakta bahwa Spanyol telah menandatangani dan meratifikasi Konvensi Istanbul tentang Kekerasan Terhadap Perempuan, yang menetapkan bahwa seks tanpa persetujuan adalah perkosaan.

 

Reporter: Windy Febriana

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Ungkap Kemampuan 5 Kamera Mi Note 10

Posted: 02 Nov 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akan meluncurkan smartphone terbarunya bulan ini, yaitu Mi Note 10. Meski belum resmi diperkenalkan, informasi seputar spesifikasi smartphone ini sudah bocor di internet sejak beberapa pekan lalu.

Terbaru, informasi mengenai kemampuan kamera smartphone tersebut muncul di internet. Berbeda dari sebelumnya, informasi soal kamera ini diunggah langsung oleh Xiaomi melalui akun Twitternya.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (3/11/2019), smartphone ini akan hadir dengan lima kamera belakang. Seperti kabar yang beredar, lensa utama smartphone anyar Xiaomi ini memiliki resolusi 108MP.

Sementara empat lensa lainnya, masing-masing memiliki resolusi 5MP (5X telephoto), 12MP (portrait), 20MP (ultrawide angle), dan 2MP (macro lens). Lima kamera itu didukung dua modul LED flash di sebelahnya.

Adapun Mi Note 10 akan memiliki kamera depan 32MP. Perlu diketahui, Mi Note 10 merupakan nama global dari Mi CC9 Pro yang akan diperkenalkan di Tiongkok pada 5 November.

Di sisi lain, ada pula laporan yang menyebut Xiaomi akan merilis dua model Mi Note baru, yakni Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro. Mengingat ini masih sebatas rumor, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Xiaomi.

Spesifikasi Mi Note 10

Boks penjualan Xiaomi Mi Note 10. (Doc: Gizchina)

Untuk hardware, Mi Note 10 bakal beroperasi dengan menggunakan prosesor Snapdragon 730G dibantu oleh RAM 6GB dan memori 128GB.

Xiaomi juga menyertakan baterai 4,000mAh dan sudah mendukung fitur fast charging 30W.

Dalam hal fotografi, seri ini diyakini akan menggunakan lima lensa kamera utama. Adapun kombinasi lensa tersebut, yakni sensor kamera utama 108MP, 12MP dan 16MP untuk lensa yang lainnya.

Smartphone ini juga akan mengusung fitur 2x optical zoom untuk salah satu lensanya. Sementara itu, Xiaomi menyertakan sensor 32MP untuk kamera selfie-nya.

Spesifikasi Mi Note 10 Pro

Logo Xiaomi (Foto: Agustin Setyo Wardani / Liputan6.com)

Lebih lanjut, Mi Note 10 Pro akan hadir dengan layar AMOLED yang lebih besar, yaitu 6,7 inci dan refresh rate 90Hz. Untuk performa, Xiaomi menyematkan prosesor Snapdragon 855 Plus, RAM 6GB, dan memori 128GB.

Mi Note 10 Pro juga akan tampil dengan lima lensa kamera utama di belakangnya, dan kemampuan 5x optical zoom.

Namun perlu diingat, ini hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak bocoran informasi tentang Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro. Hingga kini, Xiaomi belum mengonfirmasi apakah bocoran spesifikasi tersebut benar apa adanya.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Mahasiswa Tewas Terseret Air Bah di Gunung Rinjani

Posted: 02 Nov 2019 07:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram (Unram) dilaporkan tewas setelah hanyut terseret air bah di pemandian air terjun Jeruk Manis, Taman Nasional Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Wakil Rektor Unram Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Muhammad Natsir membenarkan kabar tersebut. Insiden yang menewaskan dua mahasiswanya itu terjadi pada Sabtu 2 November 2019.

"Kedua korban merupakan anggota Kelompok Pemerhati Sosial (KPS) Fakultas Hukum Unram yang sedang melaksanakan kegiatan pendidikan dasar," ujar Natsir, Minggu (3/11/2019).

Dilansir Antara, identitas dua mahasiswa tersebut yakni Reza Andika Firdaus asal Kabupaten Sumbawa dan Widia Lasmita dari Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu.

Informasi yang diperoleh dari kepolisian, kedua korban ikut rombongan mahasiswa Fakultas Hukum Unram melaksanakan pendidikan dasar anggota baru KPS yang direncanakan berlangsung empat hari mulai 31 Oktober hingga 3 November 2019.

Kedua korban ikut melakukan survei lokasi jalur untuk kesehatan jurit malam pada Sabtu sekitar pukul 15.00 Wita. Lokasi yang disurvei mulai dari aliran sungai yang menghubungkan antara mata air Jeruk Manis menuju Kokok Tereng, Dusun Gawah Buak, Desa Jeruk Manis.

Sesampai di lokasi, tiba-tiba air bah datang dan menghanyutkan kedua mahasiswa. Saat kejadian, hujan turun lebat di atas pegunungan yang tidak diperkirakan sebelumnya karena rombongan mengira masih dalam musim kemarau.

 

Ditemukan 100 Meter dari Pemandian

Korban atas nama Widia Lasmita ditemukan dalam keadaan meninggal dunia oleh warga sekitar pukul 18.25 Wita. Lokasi penemuan jasad Widia sekitar 100 meter dari tempat pemandian, yaitu di aliran sungai pemandian Jeruk Manis Taman Nasional Gunung Rinjani.

Korban kedua atas nama Reza Andika Firdaus ditemukan oleh warga sekitar pukul 19.15 Wita. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di lokasi yang tidak jauh dari penemuan korban pertama.

Jenazah kedua korban dibawa oleh warga dan anggota polisi ke Puskesmas Kotaraja, Kabupaten Lombok Timur sekitar pukul 22.00 Wita. Rencananya kedua jenazah mahasiswa Unram tersebut akan dipulangkan ke kampung halamannya di Pulau Sumbawa, hari ini, Minggu (3/11/2019).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris 2019-2020: MU Tertinggal 18 Poin dari Liverpool

Posted: 02 Nov 2019 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Birmingham - Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen Liga Inggris 2019-2020 setelah kemenangan dramatis atas tuan rumah Aston Villa dengan skor 2-1, Sabtu (2/11/2019) di Villa Park, Birmingham.

Tambahan tiga poin itu membuat Liverpool mengoleksi 31 poin dari 11 pertandingan Liga Inggris musim ini. Pasukan Jurgen Klopp meraih 10 kemenangan dan sekali hasil imbang.

Di peringkat kedua ada Manchester City dengan 25 poin, setelah kemarin menundukkan Southampton 2-1. Tim arahan Pep Guardiola ini tertinggal enam poin dari Liverpool.

Chelsea terus menunjukkan progres di Liga Inggris musim ini setelah kemenangan 2-1 atas Watford. Mereka kini menempati posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan raihan 23 poin.

Arsenal yang ditahan imbang Wolverhampton Wanderers 1-1 masih berada di urutan kelima klasemen Liga Inggris dengan koleksi 17 poin dari 11 laga. Leicester City yang baru memainkan 10 pertandingan berada di posisi keempat dan berpotensi naik ke peringkat ketiga apabila nanti malam bisa mengalahkan tuan rumah Crystal Palace.

Penghuni Zona Merah

Selebrasi pemain Chelsea saat menaklukkan juru kunci Watford. (AP)

Manchester United yang takluk 0-1 di kandang Bournemouth tercecer di posisi ke-11 dengan 13 poin. Setan Merah sudah tertinggal 18 poin dari Liverpool di klasemen Liga Inggris musim ini.

Sementara itu, tiga klub yang berada di zona merah yakni Southampton di urutan ke-18, Norwich City tepat berada di bawahnya, sedangkan Watford menghuni juru kunci dengan koleksi 5 poin dari 11 laga. Berikut klasemen Liga Inggris hingga laga tadi malam.

Klasemen Liga Inggris

 

FcTables.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Gerak Jalan, Ribuan Umat Buddha Ajak Warga Jaga Kerukunan Indonesia

Posted: 02 Nov 2019 07:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmavati Puspayoga menghadiri acara gerak jalan yang diadakan Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI). Gerak jalan itu diadakan memperingati hari ulang tahun ke-55 NSI dan diikuti 5 ribu umat Buddha.

Ketua NSI Maha Pandita Utama, Suhadi Sendjaja mengatakan, acara gerak jalan ini juga melibatkan 200 orang dari komunitas Papua. Ia berharap acara ini dapat meningkatkan persatuan masyarakat Indonesia.

"Melalui gerak jalan ini kita bersama menciptakan suasana dan memancarkan getaran kebaikan tersebut untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan jaya," ujar Suhadi di Jakarta, Minggu (3/10/2019).

Ia menambahkan, adanya dua menteri dalam acara gerak jalan kali ini menunjukan keterwakilan setiap kelompok masyarakat Indonesia. Misalnya, kata dia, kehadiran Zainut sebagai Menteri Agama merepresentasikan melalui beberapa anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sementara Bintang, sebagai Menteri PPPA disebut Suhadi mewakili 3 ribu perempuan yang turut hadir gerak jalan.

"Turut serta juga Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) mewakili unsur umat Hindu, Persatuan Gereja-gerja di Indonesia (PGI) mewakili unsur umat Kristen, Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) mewakili unsur agama katolik, dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) mewakili unsur agama Konghucu. Juga turut serta perwakilan mahasiswa Buddhis dari beberapa universitas di Jakarta," ujarnya.

Gerak jalan kerukunan tampil semarak dengan parade iringan kesenian daerah dan kontemporer yang dipersembahkan oleh umat Buddha NSI, mulai dari marching band oleh generasi muda buddhis NSI, parade pakaian daerah 34 provinsi Indonesia.

"Kerukunan adalah fondasi di dalam membangun negara yang kuat, oleh karena itu diperlukan peran umat beragama dalam mewujudkan kerukunan dan moderasi agama di Indonesia," tukasnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: