Minggu, 03 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


General Motors Cabut dari Indonesia, Diskon Mobil Chevrolet Tembus Rp 80 Juta

Posted: 03 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - General Motors (GM) Indonesia telah mengumumkan bakal berhenti berjualan Chevrolet di Indonesia. Keputusan tersebut, mulai berlaku akhir tahun fiskal 2019 atau tepatnya akhir Maret 2020.

Menyusul keputusan tersebut dan jelang akhir 2019, Chevrolet Indonesia menggelar Chevrolet Cuci Gudang yang sudah dimulai pada 1 November 2019.

Saat ini, Chevrolet memiliki empat pilihan kendaraan antara lain Chevrolet Spark, Trax, Trailblazer, dan pikap Colorado yang siap dipinang dengan harga spesial.

Melalui program Chevrolet Cuci Gudang yang berlangsung hingga akhir tahun, pelanggan dapat membawa pulang Chevrolet Spark dengan harga Rp160,5 juta dari harga sebelumnya Rp200,5 juta atau diskon Rp40 juta.

Sedangkan Chevrolet Trax yang sebelumnya dijual Rp318,5 juta kini dapat diperoleh dengan harga Rp238,5 juta atau diskon Rp80 juta.

Sementara Chevrolet Trailblazer bisa dibawa pulang dengan hanya membayar Rp424,5 juta atau diskon Rp56 juta, dan Chevrolet Colorado High Country kini dibanderol Rp474,5 juta.

"Kini, kami memberikan penawaran terbatas kepada masyarakat Indonesia melalui program Chevrolet Cuci Gudang yang dimulai sejak hari Jumat, 1 November 2019. Ini merupakan kesempatan yang sangat langka dan tidak akan pernah ada lagi yang dapat dinikmati oleh para konsumen," jelas Donald Rachmat, General Director, GM Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (4/11/2019).

Sebelumnya, meskipun sudah mengumumkan untuk 'angkat kaki' dari pasar Tanah Air, GM Indonesia masih memastikan kelangsungan kebutuhan layanan purna jual dan suku cadang kepada para pelanggan setianya, dengan terus bekerja sama authorized service outlet (ASO) di seluruh Indonesia.

Pelanggan Chevrolet jangan khawatir

Para pelanggan dan pemilik kendaraan Chevrolet di Indonesia, dapat mengunjungi diler resmi untuk melakukan pengecekan rutin kendaraan, perawatan, perbaikan, pembelian fast-moving spare parts, beserta layanan warranty.

Dijelaskan Dadan Ramadhani, Customer Care and Aftersales Service Director GM Indonesia, kepada para pelanggan dan pemilik kendaraan Chevrolet agar tidak perlu khawatir mengenai layanan purna jual Chevrolet.

"GM Indonesia masih eksis untuk memberikan layanan warranty dan purna jual. Kami akan tetap setia melayani setiap pelanggan untuk perawatan dan perbaikan kendaraan Chevrolet mereka di outlet resmi kami di seluruh Indonesia. Kami juga akan terus bekerjasama dengan seluruh jaringan dealer untuk mendukung kelancaran peralihan dan persiapan purna jual," pungkasnya.

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesedihan Mendalam Dian Sastrowardoyo Gara-Gara Batal Ikut Marathon di New York

Posted: 03 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dian Sastrowardoyo awalnya berencana ikut ambil bagian dalam New York City Marathon 2019 yang digelar pada 3 November 2019. Namun, harapan berlaga di salah satu ajang lari terbesar di dunia itu harus pupus karena alasan kesehatan.

Namun, pemain film Ada Apa dengan Cinta? ini telah bertolak ke New York, Amerikat Serikat pada akhir pekan lalu. Tak sendiri, Dian Sastrowardoyo ditemani oleh suami tercinta, Maulana Indraguna Sutowo dan terlihat mengunjung beberapa destinasi populer di Negeri Paman Sam.

Perihal ketidakikutsertaannya di New York City Marathon, ibu dua anak ini sempat berbagi sepenggal kisah melalui akun Instagram. Ia mengunggah video berdurasi 2 menit 54 detik yang mengabadikan curahan hatinya hingga berbagi cerita dengan teman lari.

"Dokter gue bilang, kalau gue nggak bisa lari, seenggaknya untuk sekarang ya. Tapi kayaknya yang membuat gue merasa kehilangan nggak cuma kesempatan lari kali ini, tapi justru something deeper than that," kata Dian Sastro dalam video yang diunggah pada 1 November 2019.

Penyebab absennya Dian dalam New York City Marathon adalah karena lututnya bermasalah. "Bisa jadi ini berita paling gak enak buat gue. Sudah hampir sebulan sebelum NY Marathon lutut gue bermasalah. Jangankan buat lari, buat aktifitas jalan sehari-hari aja kerasa banget sakitnya," tulisnya di caption video.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter menyebutkan Dian Sastrowardoyo tidak boleh mengikuti marathon. Lebih dari itu, ia bahkan tak diperbolehkan untuk berlari selama waktu yang cukup panjang. Ia hanya bisa hadir untuk menjadi suporter bagi sang suami, Indraguna Sutowo, dan teman-teman yang bergabung dalam Pertemanan Sehat.

Mengesampingkan Ego

Dian Sastrowardoyo berbagi kisah terkait batal ikut NYC Marathon 2019 karena lututnya bermasalah. (Screenshot Instagram @therealdisastrhttps://www.instagram.com/p/B4TXd8EhHzR/Putu Elmira)

Dian Sastrowardoyo tidak dapat menutupi kekecewaannya tidak dapat bergabung di NYC Marathon tahun ini. Kesedihan yang timbul dalam dirinya tidak hanya soal sebatas harus absen berlari untuk beberapa waktu.

"Rasanya sedih banget. Bukan hanya karena nggak bisa lari sama temen-temen, tapi karena gue merasa nggak kenal lagi sama badan gue sendiri," tulis Dian Sastro.

Perempuan berusia 37 tahun ini meyakini benar adanya bahwa marathon adalah sesuatu yang serius. Munculnya tanda atau keluhan yang dirasakan memang tidak boleh dianggap sepele ungkapnya.

"Harus segera ditindak lanjuti dan dicari masalahnya sebelum kemudian terlambat.Cerita ini jadi pelajaran buat gue dan kita semua. Bahwa Marathon ataupun olahraga berat lainnya tidak boleh dianggap main-main," lanjutnya.

Dian pun menyampaikan permintaan maaf kepada teman-temannya karena tak dapat ikut marathon kali ini. Menurutnya, penting untuk mengenyampingkan ego karena ini adalah hal yang serius.

"Mudah-mudahan break gue ini adalah sebuah awal buat gue untuk melesat lebih maju. Good luck my dearest friends." tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Beras, Konsumsi Ikan dan Protein Orang Indonesia Termasuk Tinggi di Dunia

Posted: 03 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Pangan Dunia (Food and Agriculture Organization/FAO) menyoroti pola makan negara-negara di dunia, termasuk Indonesia yang memiliki ketergantungan tinggi pada beras.

Berdasarkan laporan Evaluating the Environmental Impacts of Dietary Recommendations, Proceedings of the National Academy of Sciences pada 2017, asupan energi orang Indonesia dari beras termasuk yang tinggi di dunia.

"Faktanya, Indonesia memiliki porsi asupan energi tertinggi dari biji-bijian, khususnya beras di dunia. Porsi makanan bukan tepung di Indonesia itu 30 persen, sedangkan rata-rata global 50 persen," papar Perwakilan FAO Indonesia, Stephen Rudgard sebagaimana keterangannya kepada Health Liputan6.com, ditulis Senin (4/11/2019).

"Walaupun konsumsi beras tinggi (tapi) sayuran, buah, daging, dan lemak yang dikonsumsi orang Indonesia rendah."  

Tingkat konsumsi buah dan sayuran kurang dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan secara nasional dan semakin menurun.

Antara tahun 2012 dan 2016, konsumsi sayuran orang Indonesia menurun lebih dari 5 persen, dan buah-buahan hanya sekitar 3 persen. Angka tersebut dari laporan Food Security Monitoring Bulletin – Indonesia, Volume 8 tahun  2017.

Konsumsi Ikan dan Protein Tinggi

Tempe juga tinggi dikonsumsi orang Indonesia. copyright shutterstock.com

Tak hanya beras saja, tingkat konsumsi ikan dan protein orang Indonesia juga tertinggi di dunia.

Laporan Evaluating the Environmental Impacts of Dietary Recommendations menyebut, sumber protein Indonesia yang beragam dan ikan serta keanekaragaman produk kedelai protein tinggi seperti tahu dan tempe tinggi.

Hal itu membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat konsumsi ikan dan protein tertinggi di dunia.

"Diet orang Indonesia yang rendah lemak dan minyak ini menyumbang sekitar 20 persen dari total kalori yang dikonsumsi dibandingkan dengan Eropa, yang mencapai 30-50 persen," Rudgard menambahkan.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jabar Tetapkan UMP 2020 di Angka Rp 1,8 Juta

Posted: 03 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Barat pada 2020 sebesar Rp 1,81 juta atau naik 8,51 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1,6 juta.

"UMP ini mulai berlaku pada 1 Januari 2020 untuk masa kerja di bawah satu tahun. Jika ada pekerja yang sudah bekerja lebih satu tahun maka UMP-nya sesuai kesepakatan pekerja dan perusahaan saat dia masuk," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Mochamad Ade Afriandi, dikutip dari Antara, Senin (4/11/2019).

Ade mengatakan dalam melaksanakan tugasnya Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Barat telah menerima Surat Menteri Ketenagakerjaan terkait penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Barat Tahun 2020 pada hari Jumat, tanggal 18 Oktober 2019.

"Kemudian setelah itu menghasilkan keputusan rapat bahwa seluruh unsur anggota dalam Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Barat selain unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh merekomendasikan besaran nilai UMP Jawa Barat Tahun 2020 sebesar Rp 1,81 juta," kata dia.

Nilai tersebut, kata dia didapat dari formula perhitungan upah minimum sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 44 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan Pasal 3 ayat (2) Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Upah Minimum.

Dengan ditetapkannya Upah Minimum Provinsi Jawa Barat Tahun 2020, maka besaran Upah Minimum kabupaten/kota (UMK) di Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 harus lebih besar dari Upah Minimum Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

Meskipun demikian, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil dapat (tidak wajib) menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota untuk kabupaten/kota tertentu (yang mampu membayar upah minimum lebih tinggi dari UMP).

 

UMK

Aksi massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (1/6). Mereka menuntut kenaikan upah minimum DKI sebesar Rp 650 ribu. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ade menuturkan, setelah UMP ditetapkan pemerintah kota dan kabupaten harus membentuk Dewan Pengupahan untuk mempersiapkan UMK 2020 yang harus ditetapkan pada 21 November 2019.

"Untuk ukuran UMK setiap kabupaten kota tidak sama sehingga kemarin kementrian dan Dewan Pengupahan nasional sudah lakukan FGD untuk UMK 2020, soal KHL (kebutuhan hidup layak) yang akan digunakan," kata dia.

"Di Jabar juga diawali FGD tadi untuk UMK, Jabar sedang merumuskan item faktor KHL, kemudian DP kota kabupaten bikin kajian dan berikan rekomendasi ke gubernur," lanjut dia.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya hingga saat ini belum menyampaikan soal UMK 2020 karena kota kabupaten sedang mempersiapkan perhitungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bak Kembar, Selebgram Cindercella Cosplay Jadi Deddy Corbuzier Ini Mirip Banget

Posted: 03 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hari Halloween yang dirayakan setiap 31 Oktober menjadi salah satu ajang untuk berdandan menjadi sosok, tokoh maupun benda apapun.

Rapper Rich Brian pun ikut merayakan Halloween dengan menggunakan kostum dan riasan mirip Iko Uwais dalam film action favoritnya, The Raid.

Selain Rich Brian, selebgram Cindercella atau dengan nama asli Marcella Febrianne Hadikusumo, juga ikut merayakan hari Halloween.

Tak tanggung-tanggung, ia berdandan layaknya Master Mentalis Deddy Corbuzier. Pada unggahan melalui akun Instagram @cindercella, ia memperlihatkan kemiripan dirinya dengan Deddy Corbuzier.

Detil Make Up

(cindercella/instagram)

"#halloween2019 Mas Deddy Corbuzier," tulis Cindercella pada kolom keterangan.

Terlihat dalam foto yang diunggah Cindercella berdandan menjadi Deddy Corbuzier sewaktu masih menekuni dunia sulap.

Ia memperhatikan detil mulai dari rambut, mata, janggut, baju hitam, hingga pose khas Deddy.

Proses Make Up

(cindercella/instagram)

Perempuan 24 tahun itu mengaku memakan waktu tiga jam untuk bertransformasi menjadi Sang Ahli Sulap.

Ia dibantu temannya, Jharna Bhagwani untuk memasang bald cap atau penutup kepala supaya terlihat botak. Kemudian ia merias wajahnya sendiri.

Namun Cindercella sempat kesulitan dalam memasang bald cap supaya benar-benar terlihat botak. Tetapi kerja keras Cindercella berhasil menipu banyak orang.

"Temen temen aku kaget bgt terus blg miripp bgt," ujar Cindercella kepada Citizen6-Liputan6.com melalui direct massege Instagram pada Senin (4/11/2019).

"Banyak yg kaya, omg kirain Om Deddy benerann," lanjutnya.

(cindercella/instagram)

Respon Deddy Corbuzier

Bahkan unggahan Cindercella mendapatkan respons dari Deddy Corbuzier yang asli.

Pada Minggu (3/11/2019), akun Instagram @mastercorbuzier mengunggah beberapa video Cindercella dengan riasan mengikuti dirinya.

"@cindercella ANDA KURANG AJAR. PIKIR GW SETAN?! TAPI KOK YA LUCU," kata akun @mastercorbuzier.

"GUE KAYA GITU YA DULU.. DAMN ITS A COOL MAKE UP!! Gue di kirimin sekelibat mikir itu gue," lanjut Deddy.

Cindercella pun mengaku senang karena mendapat respons positif dari  Deddy Corbuzier. Ia tidak menyangka bahwa Deddy akan terpukau dengan riasannya.

"Ga nyangka banget Om Deddy bakal notice dan sampai di post jugaa seneng bgt aku! Dan seneng bgt Om Deddynya terhibur dan positif banget responnyaa," tutur Cindercella.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mobil Pengantar Pengantin Terjun ke Sawah, 2 Tewas

Posted: 03 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nahas dialami mobil bak terbuka pengantar pengantin di jalan raya Purwakarta Jawa Barat. Kendaraan tersebut hilang kendali hingga terjun ke areal sawah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Pesepakbola Top Ini Kontraknya Habis Tahun Depan, Bursa Transfer Memanas

Posted: 03 Nov 2019 10:00 PM PST

Madrid - Klub-klub di Premier League, La Liga, Serie A, hingga Bundesliga mulai berancang-ancang menyusun daftar belanja pemain untuk bursa transfer musim depan. Meskipun kompetisi musim ini baru berjalan beberapa bulan, tim-tim tampaknya sudah melihat sektor mana yang terlihat harus dibenahi. 

Jika ingin mendapat pemain yang benar-benar berkualitas dan jempolan, klub-klub tersebut harus menyiapkan dana besar di bursa transfer musim panas tahun depan. Pemain papan atas jelas dibanderol tinggi. 

Gelandang Manchester United Paul Pogba, pemain Real Madrid Gareth Bale, hingga dua bintang Paris Saint-Germain Neymar dan Kylian Mbappe, diprediksi kembali meramaikan bursa transfer musim depan. 

Paul Pogba masih menjadi incaran Real Madrid, dan mungkin Juventus. Neymar dipastikan akan kembali dikaitkan dengan kepindahan ke Barcelona. 

Namun, ada alternatif lain untuk mendapatkan pemain mumpuni tapi tetap bisa berhemat. Klub-klub harus jeli melihat pemain-pemain yang akan habis kontrak pada tahun depan dan tentu saja bursa transfer akan seru tahun depan. 

Siapa saja mereka? Berikut ini 12 pemain papan atas yang kontraknya habis pada musim depan alias berstatus bebas transfer, seperti dilansir Four Four Two

1. Edinson Cavani (PSG)

Pemain PSG, Edinson Cavani. (AP/Christophe Ena)

Setelah dipaksa berperan sebagai  pemain bayangan bagi Zlatan Ibrahimovic pada awal-awal kariernya di PSG, Edinson Cavani kemudian menjadi pusat perhatian pada 2016. Dia bermain gemilang dengan mencetak 49 gol dalam 50 pertandingan. Semusim berselang, dia melesakkan 40 gol dalam 45 laga. 

Pemain asal Uruguay tersebut kemudian kembali jadi bayang-bayang setelah Kylian Mbappe dan Neymar digaet PSG pada 2017. Sang pemain akan berstatus bebas transfer pada Juni 2020, dan tampaknya akan mencari tantangan baru di luar PSG. 

 

2. Dries Mertens (Napoli)

Penyerang Napoli, Dries Mertens, melakukan selebrasi usai membobol gawang Liverpool pada laga Liga Champions di Stadion San Paolo, Selasa (17/9/2019). Napoli menang 2-0 atas Liverpool. (AP/Gregorio Borgia)

Dries Mertens baru-baru ini menggeser posisi Diego Maradona dari daftar scorer sepanjang masa Napoli, dan hanya berjarak lima gol dari Marek Hamsik di posisi teratas. Pemain asal Belgia tersebut seharusnya memecahkan rekor tersebut pada musim ini.

Jika bisa melakukannya, maka Mertens akan merasa kiprahnya di Naples sudah komplet berbarengan dengan habisnya kontraknya. 

Penyerang berusia 32 tahun hampir mendekati akhir kariernya. Tapi Mertens belum menunjukkan tanda-tanda melambat dalam urusan mencetak gol. Dia telah mengoleksi tujuh gol dalam 10 laga musim ini. 

Jika Napoli tak kunjung memberikan kontrak baru, maka tim-tim besar Eropa lainnya bisa memanfaatkan situasi itu. 

 

3. Blaise Matuidi (Juventus)

Gelandang Juventus, Blaise Matuidi, menyapa suporter usai mengalahkan Leverkusen pada laga Liga Champions di Stadion Juventus, Turin, Selasa (1/10). Juventus menang 3-0 atas Leverkusen. (AFP/Isabella Bonotto)

Blaise Matuidi dihubung-hubungkan dengan Manchester United pada musim panas 2018 dan bisa kembali menjadi target Setan Merah jika Juventus tak segera menyodorkan kontrak baru. 

Sosok Matuidi yang berpengalaman bisa menjadi tambahan berpengaruh di Old Trafford. Dia dikenal sebagai pemain yang pekerja keras dan serbaguna, dan tak keberatan berkorban demi kebaikan tim. 

 

4. Christian Eriksen (Tottenham Hotspur)

Christian Eriksen - Pria Denmark ini pernah membela Ajax Amsterdam pada tahun 2010 hingga 2013. Saat ini ia menjadi gelandang andalan Tottenham Hotspur. (AFP/Oli Scarff)

Karier Christian Eriksen di Tottenham Hostpur mendekati akhir yang pedih. Musim ini Spurs tampil jeblok dan dirinya tak masuk dalam skema tim utama Maurico Pochettino. Padahal, musim lalu Eriksen jadi bagian penting Spurs saat mencapai final Liga Champions. 

Kontrak Eriksen di Tottenham habis pada musim panas tahun depan. MU dikabarkan kembali ingin mencoba menggaet sang pemain, namun Eriksen disebut-sebut lebih tertarik pindah ke Real Madrid atau Barcelona. Bayern Munich dan Juventus juga dikabarkan tertarik, dan kemungkinan akan memulai negosiasi pada Januari 2020. 

 

5. Eric Bailly (Manchester United)

Eric Bailly (atas) menghindari adangan pemain Club America, Luis Reyes (bawah) pada laga uji coba di University of Phoenix Stadium, Glendale, Arizona, (19/7/2018). MU bermain imbang 1-1. (AP/Ralph Freso)

Beberapa waktu lalu Eric Bailly disebut-sebut sebagai bek tengah masa depan Manchester United, tapi beberapa rentetan cedera buruk membuat sang pemain kemungkinan dilepas pada musim panas tahun depan. 

Namun bukan berarti karier Bailly di Premier League juga bakal berakhir. Dia masih punya potensi untuk menarik minat klub-klub lain di Premier League. 

Pada Agustus lalu, ada kabar MU akan menawarkan kontrak baru demi menjaga nilai sang pemain. Tapi, sejak itu tak ada perkembangan apa pun. Alhasil, mantan pemain Villarreal itu akan berstatus bebas transfer dalam delapan bulan mendatang.  

 

6. Mario Gotze (Borussia Dortmund)

Gelandang Borussia Dortmund, Mario Gotze tertarik hijrah ke Liverpool. (AFP)

Mario Gotze saat ini masih berusia 27 tahun. Dia punya karier menjanjikan sejak masih remaja, serta memancing kontroversi ketika memutuskan meninggalkan Borussia Dortmund dan hijrah ke Bayern Munchen pada 2013. Dia kemudian balik ke Signal Iduna Park, kandang Dortmund, tiga tahun berselang. 

Salah satu capaian hebat dalam kariernya adalah mencetak gol penentu kemenangan Jerman atas Argentina pada final Piala Dunia 2018. 

Penyakit gangguan metabolisme sempat mengancam karier sang gelandang serang, tapi sekarang dia sudah kembali bubar. Jika Dortmund tak menyodorkan kontrak baru, pindah ke Premier League bisa menjadi opsi. 

 

7. Pedro Rodriguez (Chelsea)

Pedro Rodriguez – Bersama Barcelona, Pedro sudah memberikan segalanya berupa gelar bergengsi. Namun karena usia yang sudah 31 tahun membuatnya kian kesulitan bersaing di skuat Chelsea, (AFP/ Glyn Kirk)

Jika Pedro harus meninggalkan Chelsea pada akhir musim ini, kembali ke Spanyol kemungkinan jadi opsi terbaik. Pengalaman sang pemain akan membuatnya menjadi aset yang menggiurkan bagi sebagian besar klub La Liga. Pedro merupakan pemain yang mengoleksi enam gelar liga, tiga trofi Liga Champions, satu titel Liga Europa, dan empat piala domestik selama memperkuat Chelsea dan Barcelona.  

Namun, bukan tidak mungkin Pedro ingin tetap bertahan di Premier League. Dia mungkin tak lagi mampu menjadi starter tiap pekan, atau sudah melewati titik tertinggi dalam kariernya. Namun, pemain berusia 32 tahun itu jelas-jelas tipe pemain yang disukai pelatih untuk berada dalam timnya. 

 

8. Luka Modric (Real Madrid)

Gelandang Real Madrid, Luca Modric berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Gremio, Michel saat bertanding di pertandingan final Piala Dunia Antarklub 2017 di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, (16/12). (AP Photo / Hassan Ammar)

Luka Modric telah berusia 34 tahun pada September 2019, dan ada tanda-tanda kekuatannya mulai menurun. Namun, meski tak lagi di puncak kariernya, bukan berarti dia sudah habis. 

Pemain yang sudah memenangi berbagai gelar bergengsi di Real Madrid itu kemungkinan akan meninggalkan Bernabeu saat kontraknya habis tahun depan. AC Milan dan Inter Milan dikabarkan tertarik merekrutnya, tapi kemungkinan tim-tim Premier League akan ikut dalam persaingan memperebutkan Modric. 

 

9. Ever Banega (Sevilla)

6. Ever Banega (Sevilla) - 4 Gol. (AFP/Cristina Quicler)

Kali terakhir kontraknya di Sevilla habis, Banega gabung Inter Milan pada musim panas 2016. Pemain Argentina itu kemudian kembali lagi ke Sevilla setahun berselang. Tapi, kemungkinan dia akan kembali pergi pada musim panas tahun depan. 

Gelandang kreatif yang punya pengalaman selama satu dekade di La Liga itu belum memberikan kode tentang masa depannya. Klub-klub Premier League diyakini akan tertarik memboyong sang pemain. 

 

10. Toby Alderweireld (Tottenham Hotspur)

6. Toby Alderweireld - Bek tengah yang tengah naik daun bersama Hotspur. Dikabarkan United bersedia membeli pemain Belgia tersebut. Jika harganya cocok bukan tak mungkin Tottenham akan segera menjualnya. (AFP/Roland Harrison)

Sang pemain tampil apik bersama Tottenham Hotspur dalam beberapa tahun terakhir. Bek tengah tersebut diyakini akan menarik minat banyak klub ketika berstatus bebas transfer pada Juni 2020.  

Seperti mayoritas rekan-rekan setimnya di Spurs, dia tak mencatat performa apik pada awal musim 2019-2020. Namun, dia punya tabungan tampilan apik dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, Toby Alderweireld diyakini bisa dengan mudah menemukan pelabuhan baru jika kontraknya di Spurs tidak diperpanjang. 

 

11. Willian (Chelsea)

Willian mencetak gol kemenangan Chelsea saat bertanding melawan Lille. (dok. UEFA)

Sulit membayangkan Willian berganti jersey ke klub lain di Premier League setelah sekian lama memperkuat Chelsea. Tapi, hal serupa pernah diungkapkan terhadap David Luiz (salah satu sahabat terbaik Willian) sebelum pindah ke Arsenal musim panas lalu. 

Willian terang-terangan mengaku ingin bertahan di Stamford Bridge. Tapi Chelsea belum mengambil keputusan karena Frank Lampard tampaknya lebih suka mempromosikan pemain-pemain muda. Bereuni kembali dengan David Luiz di London Utara mungkin bisa jadi opsi yang masuk akal. 

 

12. Thomas Meunier (PSG)

Real Madrid dikabarkan tertarik mendapatkan tanda tangan bek Paris Saint-Germain, Thomas Meunier. Nantinya, Meunier bakal menggantikan peran Danilo yang santer disebut gabung ke Chelsea. (AFP/Fabrice Coffrini)

Dalam sebuah wawancara Thomas Meunier mengaku lebih suka memperpanjang kontrak di PSG. Tapi, negosiasi belum juga dimulai. Artinya, PSG punya pandangan berbeda dengan Meunier. 

Jika kedua kubu tak mencapai kesepakatan, klub-klub Premier League tampaknya akan senang hati mengambil kesempatan. Manchester United dan Arsenal pernah dihubungkan dengan sang pemain. Bisa jadi kedua klub akan kembali mencoba menggoda Meunier. 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri/Yus Mei Sawitri, published 4/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Basarnas Kerahkan Tim Khusus Cari 3 Penyelam yang Hilang di Peraian Sangiang

Posted: 03 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Serang - Sebanyak 10 penyelam dari tim khusus Basarnas Banten diterjunkan untuk mencari tiga penyelam asal China yang hilang di perairan Pulau Sangiang, pada Minggu 3 November 2019 kemarin.

"Tim penyelam dari matra laut yang merupakan tim khusus Basarnas atau special grup, yang akan melakukan penyelaman untuk mencari para korban," kata Galih, Humas Basarnas Banten kepada Liputan6.com, Senin (4/11/2019).

Informasi yang diterima Liputan6.com, awalnya tujuh WNA China itu berangkat ke Pulau Sangiang dari Pantai Mabak, Kota Cilegon, pada Minggu, 3 November 2019 sekitar pukul 13.30 WIB menggunakan perahu nelayan. Kemudian mereka sampai di pulau sekitar pukul 13.45 WIB dan langsung melakukan penyelaman.

Penyelam di bagi dalam dua kelompok, kelompok pertama muncul ke permukaan laut sekitar pukul 14.45 WIB. Tim kedua sempat muncul kemudian masuk ke dalam air lagi dan tidak muncul kembali. Dugaan sementara, para turis asal China ini terseret arus bawah laut.

Kasubsie Operasionak Basarnas Banten, Hairoe Amir, melalui pesan singkatnya, Senin (4/11/2019) mengatakan, korban sempat muncul tapi karena arus sangat kuat, mereka terbawa.

"Sejak semalam gerak (melakukan pencarian) kita. Pagi ini, dari Basarnas, Polair, Lanal gerak semua," kata Hairoe. 

Hingga kini pencarian penyelam hilang masih terus dilakukan oleh tim gabungan dari Basarnas Banten, TNI AL, Polairud Polda Banten, ASDP Merak, KSOP hingga PMI. Namun hingga kini belum mendapatkan hasil.

Bahkan helikopter Basarnas yang sedang melakukan latihan di Pantai Anyer turut dikerahkan, selain juga tiga unit kapal milik TNI AL, yakni KAL Tamposo, KAL Badak, dan KSL Sangiang. Hingga KN SAR Drupada Banten milik Basarnas pun turut dikerahkan.

"Masih proses pencarian gabungan mas, sementara belum ketemu," kata Lettu (laut) Danius A Sowong, Pejabat Sementara (PJs) Perwira Staff Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Banten, Senin (4/11/2019).

Berikut daftar nama WNA Tiongkok yang hilang saat menyelam di perairan Pulau Sangiang:

1) Tan Xuz Tao (L)2) Wan Bzng Yang (L)3) Tian Yu (L)

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wika Salim Rayu Ariel NOAH, Ini 4 Gombalannya yang Bikin Ngakak

Posted: 03 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pedangdut Wika Salim belum lama ini menghebohkan publik. Pasalnya dalam sebuah acara televisi yang dipandu dirinya dan Tukul Arwana, Wika tampak cuek merayu tamu mereka, Ariel NOAH.

Ariel yang diundang bersama para personel NOAH pun tak dapat menahan tawanya ketika Wika Salim tiba-tiba merayunya di tengah acara.

Di situ, Ariel NOAH berkali-kali menjadi sasaran rayuan Wika Salim. Berbagai kalimat bernada gombal pun dilancarkan oleh pedangdut 27 tahun itu.

Tawa Penonton Pecah

[Foto: Potongan video YouTube]

Tak hanya Ariel NOAH yang dibuat tertawa. Tawa para penonton acara juga pecah karena tingkah Wika Salim yang tak kalah kocak dari Tukul Arwana.

Saat menjadi sasaran rayuan Wika Salim, Ariel Noah sama sekali tak membalasnya. Ia hanya menanggapinya dengan tertawa.

Deretan Rayuan Wika Salim

Wika Salim. (sumber: Instagram/@wikasalim)

Wika Salim pun tak hanya sekali dua kali merayu Ariel NOAH. Ada beberapa kalimat maut yang dilontarkannya kepada penyanyi 38 tahun itu.

Apa saja ya? Yuk kita ikuti deretan lengkapnya berikut ini.

Ibu dari Anak-Anak Ariel

Wika Salim (sumber: Instagram.com/wikasalim)

Ketika Tukul muncul di atas panggung, Wika Salim diminta bernyanyi oleh sang komedian. Tukul pun ingin Ariel menilai penampilan Wika.

"Siapa tahu kamu jadi grupnya nanti," celetuk Tukul kepada Wika Salim yang dibalas oleh gombalan sang pedangdut.

"Aku enggak mau jadi peserta, aku maunya jadi ibu dari anak-anak kamu," ceplos Wika Salim kepada Ariel.

Para penonton di studio acara tersebut pun dibuat tertawa lepas. Sementara Ariel tak dapat menahan tawanya.

Kurang Dicintai

Wika Salim (sumber: Instagram.com/wikasalim)

Setelah Wika Salim mengakhiri aksinya, Ariel Noah pun menilai suara sekaligus penampilan Wika.

"Enggak ada kurangnya. Memang sering nyanyi, kali. Maksudnya bagus," ujar Ariel kepada Wika.

Dinilai seperti itu, Wika Salim malah kembali menggoda Ariel.

"Aa tahu enggak kurangnya? Kurang dicintai kamu," celetuk Wika Salim.

Memegang Tangan

Tak hanya ucapan, Wika Salim melancarkan gestur fisik yang bikin kaget. Ia terlihat memegang tangan Ariel NOAH.

Awalnya, Ariel bermaksud meniru gaya Tukul saat membuka acara. "Gimana, gimana?" kata Ariel kepada Wika yang disambut oleh genggaman tangan.

"Ayo A', ayo sambil pegang tangan ya, A'," ceplos Wika sambil memegang tangan Ariel NOAH.

Cuka Manis

Gombalan lain yang membuat Ariel NOAH makin salah tingkah dengan Wika Salim adalah permainan kata dari sang pedangdut.

"Aa tahu enggak, cuka cuka apa yang manis?" tanya Wika.

"Mana ada cuka yang manis," jawab Ariel.

"Ada, cuka kamu," seloroh Wika hingga membuat studio riuh oleh tawa dan sorakan penonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Ini 100 Pemenang Bagi-Bagi Pulsa Rp 100.000 Aplikasi Liputan6.com

Posted: 03 Nov 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Senin (4/11/2019), Liputan6.com mengumumkan para pemenang yang mengikuti kuis Aplikasi Liputan6.com periode 11-31 Oktober 2019.

Ada 100 pemenang yang beruntung mendapatkan pulsa gratis, masing-masing senilai Rp 100.000. Penasaran siapa saja yang beruntung? Siapa tahu saja nama kamu ada dalam daftar.

Berikut ini adalah nama-nama pemenang kuis Aplikasi Liputan6.com , yang berhak mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 100.000.

1. andi_frans: 628121830xxx

2. eka_nw: 6285713532xxx

3. muvhaxnoise: 6281299834xxx

4. ida_hayani: 6285268965xxx

5. nabhan: 6287868065xxx

6. tan_subanli: 6289632644xxx

7. suci93: 6285642705xxx

8. yusuf_ananto: 6281222855xxx

9. maya_saufa: 6281247761xxx

10. drewsykes: 6281211912xxx

11. santi_amanirahmat: 6283877981xxx

12. fachrizet: 6282124757xxx

13. celesta_santi: 6287884998xxx

14. sheva_celesta01: 6287723013xxx

15. ganindra_mulana69: 6287723013xxx

16. moelana_yuyu: 6283843619xxx

17. made184: 6281255780xxx

18. fazlurrahman: 628117707xxx

19. monica_rahmat: 6283877981xxx

20. gonis_rahmat: 6283877981xxx

21. okayama69: 6287723013xxx

22. zlnema: 6281260281xxx

23. moelana_amani: 6281808862xxx

24. j.satoto: 6283854424xxx

25. okiyama: 6287723013xxx

26. agusnear: 628813628xxx

27. ardhi_p9295: 628812468xxx

28. solichin: 6288707753xxx

29. larsosan: 6281329999xxx

30. ryas_andi_p: 6281289988xxx

31. yanti11: 6287721983xxx

32. rizki123: 6287809923xxx

33. tanto_hartanto: 6285282940xxx

34. hadiirvandi: 6283811640xxx

35. oky purwati: 6281292142xxx

36. andre_pangestu: 6289623370xxx

37. fahron: 6285361674xxx

38. Alex_Bolot: 6288980087xxx

39. cikel_sumigar: 6285756931xxx

40. hudaxyz: 6285748104xxx

41. andrywilliamsyah: 6281269339xxx

42. banta_gadeng: 6282386827xxx

43. santi_rahmat: 6281808923xxx

44. yuyu_amani: 6287884990xxx

45. kurnia_hidayat: 6285966108xxx

46. muhammaddiah: 6285275611xxx

47. vicky_aji_aprilian: 628157653xxx

48. lulu_amani: 6287783370xxx

49. johan_josse: 6282332785xxx

50. gegesian: 6285871638xxx

51. choirulanwar: 6285783616544

52. eko_suherwanto: 6282143655991

53. muji_dwiono: 6285293144267

54. goto: 6288222931221

55. ari_cool: 628977880086

56. hebring: 6281218989181

57. muhammad_ridhal_fr: 6287815805608

58. ani_nuraeni: 6282210114636

59. pak_dendi: 628979447736

60. rahmat_selamet: 628979447426

61. juliyo: 6287713382322

62. ekisudrajat: 6285770829793

63. septi_tya09: 6285711935182

64. ojig_aji: 6285330111197

65. vera_nurmalita: 6285724962353

66. edwin_catur: 6282111445786

67. ibam_way: 6285869274471

68. rini_m: 6288210622835

69. jojo_gaming: 6281338038266

70. jalanin_aja: 6281333665840

71. 0kta777: 6287823225969

72. bacaberita: 6285230953184

73. zefanya88: 6283195625037

74. yusup117: 6283195625046

75. khaidyarmurtadho: 6285795476617

76. zona_mardongan: 6281279533592

77. corelll55: 6283195625038

78. cecep_gunawan: 6288218666920

79. ade_surya: 6285722547625

80. ardian27: 6281367060060

81. bastiannn: 6283195625047

82. teguh_serikat: 6281910058460

83. hanabi35: 6283195625036

84. bambang_iswanto: 628176430526

85. alpine: 62895324913725

86. hendra88: 6282288505088

87. bulbulbul: 6283100540943

88. idon_sr: 6281806260894

89. riskidahlan: 6283807198793

90. bangjt: 6285789603279

91. didimulyadi: 6283807235470

92. apalah_arti_sebuah_nama: 6281288628986

93. muhamad_hikmal_akbar: 6282178069024

94. lekokjr123: 6285267898488

95. jaka432: 6283861989328

96. ferry_ihsan: 6283861882540

97. dito_m: 6283861989391

98. zalyagung: 6283807235621

99. faith01: 6283195625035

100. dedemulyafi: 6283807235481

Wajah Baru Aplikasi Liputan6.com

Tampilan aplikasi Liputan6.com yang lebih kekinian

Aplikasi Liputan6.com hadir dengan pembaruan terbaru. Update terbaru dari aplikasi Liputan6.com ini sudah bisa diunduh di Google Playstore dan App Store.

Aplikasi ini tampil dengan desain baru yang membuatnya lebih segar, intuitif, dan kekinian. Perubahan ini hadir setelah Liputan6.com merayakan ulang tahun ke-19.

Pembaca bisa melihat perubahan desain tampak dalam logo Liputan6.com yang lebih simpel dan berkarakter.

Selanjutnya di dalam aplikasi, pembaca bisa melihat opsi berita yang ingin dipilih beserta kategorinya. Untuk kategori kanal berita terdapat di bagian atas yang dapat digeser ke kanan dan kiri.

Berbagai kategori yang dimaksud antara lain Berita Terbaru atau Latest, Top Stories, Nasional, Hiburan, Internasional, Sepak Bola, E-sport, Olahraga, Bisnis, Teknologi, Travel, Lifestyle, Wanita, Hijab, Kuliner, Sehat, Otomotif, dan Berita-Berita Unik.

Komentar Interaktif

Aplikasi Liputan6.com (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Di sisi lain, pembaca Liputan6.com kini dapat mengakses gim asah otak yang ada dalam aplikasi.

Pembaca juga dapat menyampaikan komentar untuk menunjukkan kontribusinya dalam berita yang disajikan. Dengan begitu, berita yang ada di aplikasi Liputan6.com tampil lebih interaktif.

Pembaca Liputan6.com bahkan dimanjakan dengan tampilan Visual Stories yang ada di dalam aplikasi. Mengambil tampilan vertikal, aktivitas membaca di smartphone pun dipastikan lebih nyaman.

Yuk, unduh aplikasi Liputan6.com versi terbaru agar kamu tidak ketinggalan berita dan informasi terkini.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sofyan Basir Bebas, KPK: Kami Diskusi Internal Dulu

Posted: 03 Nov 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memvonis bebas eks Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, Senin (4/11/2019).

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif mengaku baru mengetahui putusan tersebut dari teman-temannya di pengadilan.

"Nanti Jaksa KPK akan melaporkan ke kami dan akan kami diskusikan secara internal," kata Laode di Gedung Merah Putih KPK, Senin (4/10/2019).

Laode mengatakan, pihaknya enggan bekomentar terkait sikap KPK ke depan karena belum menerima salinan putusan Sofyan Basir.

"Kami punya waktu sehari dua hari biasanya jaksa KPK datang ke kantor dulu. Sekarang pasti mereka ambil sikap pikir-pikir," ucap dia.

Hakim PN Jakpus menyatakan Sofyan Basir tidak terbukti bersalah dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1.

"Mengadili menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara sah dan meyakinkan sebagaimana dakwaan pertama dan kedua," kata hakim ketua Hariono saat membacakan amar putusan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Berharap Bebas

Sebelumnya, Sofyan Basir berharap divonis bebas dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1 yang menjeratnya. Hal itu disampaikan Sofyan sesaat sebelum menghadapi sidang putusan.

"Yang terbaik, bebas," ujar Sofyan singkat.

Ia enggan mengomentari lebih lanjut terkait vonis yang akan dijatuhi majelis hakim yang diketuai Hariono nanti.

Dalam sidang tuntutan, Sofyan dituntut lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan. Mantan Direktur Utama BRI itu dianggap turut membantu terjadinya tindak pidana korupsi berupa suap terkait proyek PLTU Riau-1.

Jaksa penuntut umum pada KPK membacakan tuntutan Sofyan Basir pada Senin, 7 Oktober 2019 kemarin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Bentuk Penyampaian, Dilengkapi Contohnya

Posted: 03 Nov 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Drama merupakan satu di antara karya seni yang sudah dipertontonkan sejak zaman dahulu kala. Drama merupakan jenis karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerakan. Ada beragam jenis-jenis drama berdasarkan penyajian lakon, keberadaan naskah, dan sarana penyampaiannya.

Umumnya, drama disampaikan dengan menggambarkan realita kehidupan, watak serta tingkah laku manusia lewat peran dan dialog yang dipentaskan. Oleh karena itu, ada beberapa jenis-jenis drama yang dikelompokkan.

Berdasarkan jenis-jenis drama memliki kriterianya masing-masing yang berbeda-beda. Mulai dari cara tokoh memainkan peran, penggunaan sarana untuk menyampaikan drama, hingga naskah yang digunakan.

Fungsi dan tujuan drama dihadirkan sebagai media hiburan, menambah pengetahuan dan wawasan, menyampaikan nilai estetika, dan mengajarkan nilai sosial. Lewat tujuannya tersebut, kamu bisa menikmatinya dari beragam jenis-jenis drama yang ada.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber jenis-jenis drama beserta contohnya, Senin (4/11/2019).

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Penyajian Lakon

Jenis-jenis Drama / Sumber: Pixabay

Tragedi

Tragedi merupakan jenis-jenis drama yang menyampaikan kisah-kisah ataupun cerita tentang kesedihan. Biasanya, drama jenis ini mengangkat tema berunsur gelap seperti tentang kematian, bencana, serta penderitaan.

Umumnya, tokoh protagonis dalam drama jenis ini akan memiliki kisah yang berakhir tragis seperti kesialan, ketidak beruntungan, dan lain sebagainya. Beberapa contoh drama jenis ini seperti Oedipus Rex yang menceritakan tentang seseorang yang membunuh ayah kandungnya sendiri dan kemudian menikahi ibu kandungnya sendiri.

Komedi

Drama komedi merupakan salah satu dari jenis-jenis drama yang memiliki sifat menghibur. Hal ini dikarenakan drama tersebut menggunakan unsru jenaka di dalamnya.

Di dalam sebuah skenario drama komedi, didapatkan dialog lucu yang menyinggung dan biasanya memiliki akhir cerita yang bahagia. Begitu juga dengan para tokoh yang memainkan drama komedi. Mereka memiliki karakter yang lucu, jenaka, dan bijaksana.

Tujuan jenis drama komedi ini dibuat untuk dapat memberikan hiburan pada penonton. Contoh jenis drama komedi yang bisa kamu saksikan seperti Crazy Rixh Asians.

Tragekomedi

Berbeda dengan komedi, jenis drama tragekomedi merupakan penggabungan dari tragedi dengan komedi. Pada tragekomedi cerita yang dibawakan layaknya drama tragedi dan dibawakan dengan cara berlebuhan dan juga terdapat bagian selingan komedi.

Tak menutup kemungkinan tragekomedi berakhiran dengan kisah yang menyenangkan. Contoh jenis drama tragekomedi seperti Inside Out.

Opera

Jenis-jenis drama berikutnya adalah opera. Jenis drama ini disampaikan dengan cara dinyanyikan serta diiringi oleh musik. Drama jenis. Biasanya opera dimainkan oleh penyanyi dan diiringi orchestra lengkap.

Contoh drama opera bisa dilihat pada Hair, Rent, Wicked, The Fantasticks, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Penyajian Lakon Lainnya

Farce

Farce merupakan jenis drama yang menyerupai dagelan, namun tidak sepenuhnya berisikan dagelan. Drama ini biasanya berisi tentang kejadian yang ditanggapi secara berlebihan serta humor slapstick.

Alur pada cerita disusun didasarkan pada pengembangan situasi pada tokohnya. Adegan di dalam drama sering dibuat terlalu berlebihan dan komedi yang melibatkan kontak fisik. Pada jenis drama frace ini sering dikenal dengan sebutan komedi picisan.

Salah satu contoh farce terkenal adalah drama karya Oscar Wilde yang berjudul The Importance of Being Earnest.

Sendratari

Tablo merupakan jenis drama yang memadukan seni peran dengan seni tari. Biasanya aktris dan aktor yang memainkan drama ini mengucapkan dialog secara biasa, namun pada bagian-bagian penting suatu drama seperti peperangan, adegan bermesraan disampaikan lewat tarian.

Salah satu sendratari yang terkenal di Indonesia adalah Sendratari Ramayana yang biasanya dipentaskan di pelataran Candi Prambanan.

Tablo

Tablo merupakan jenis drama yang dalam penyajiannya lebih mengutamakan gerak gerik dari pemainnya. Pemain-pemain tersebut tidak mengucapkan dialog, namun menyampaikan pesannya lewat gerakan yang di dalamnya terkandung banyak arti.

Contoh pertunjukan tablo ini biasanya dilakukan di jurusan seni dan teater.

Kolosal

Jenis drama kolosal mengangkat kisah-kisah tentang perjuangan, maupun latar tantang zaman kerajaan. Contoh dari jenis drama kolosal ini seperti Angling Drama dan Mahabharata.

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Sarana Penyampaian

Jenis-jenis Drama / Sumber: Pixabay

Drama panggung; merupakan jenis drama yang dipentaskan secara langsung di atas panggung.

Drama radio; merupakan jenis drama yang diperdengarkan lewat radio.

Drama televisi; merupakan drama yang disiarkan lewat stasiun tv. Biasanya tayangan jenis ini seperti sinetron dan ftv.

Drama film; pembuatan drama film mirip dengan drama televisi. Namun biasanya tema yang digunakan lebih spektakuler dan pertunjukannya diputar di bioskop.

Drama wayang; merupakan drama yang penyajiannya menggunakan sarana wayang untuk menggantikan aktris dan aktor. Di mana wayang tersebut digerakkan oleh seorang dalang.

Drama boneka; jenis drama ini hampir mirip dengan drama wayang. Hanya saja, media yang digunakan dalam penyampaian ceritanya berupa boneka yang dapat dimainkan oleh satu atau beberapa orang.

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Naskahnya

Jenis-jenis Drama / Sumber: Pixabay

Drama tadisional; merupakan drama yang tidak menggunakan naskah. Pemain biasanya hanya diberikan gambaran umum tentang jalan ceritanya saja. Sedangkan di setiap adegan yang dipentaskan merupakan hasil kreativitas antar pemainnya.

Drama modern; merupakan jenis drama yang menggunakan naskah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Vs Lazio: Meski Kalah, Pioli Nilai Rossoneri Berkembang

Posted: 03 Nov 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Milan - AC Milan takluk 1-2 dari Lazio dalam lanjutan Liga Italia, Senin (4/11/2019) dinihari WIB di San Siro. Meski kalah, Pelatih AC Milan, Stefano Pioli justru menganggap timnya telah berkembang.

"Dalam pandangan saya, tim sedang berkembang. Tentu saja, menang penting untuk klasemen dan memperbaiki situasi, tetapi kami tampil baik malam ini," ujarnya Pioli seperti dilansir Football Italia.

Lazio membuka keunggulan lebih dahulu berkat aksi Ciro Immobile di menit ke-25. Selang tiga menit, Rossoneri -julukan AC Milan- menyamakan kedudukan usai Bastos mencetak gol bunuh diri.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Lazio akhirnya menyegel kemenangan setelah Joaquin Correa sukses memanfaatkan umpan Luis Alberto di menit 83.

Kekalahan dari Lazio menahan AC Milan di peringkat ke-11 dengan 13 poin. Sementara, Lazio sendiri berada di peringkat ke-4 dengan 21 poin.

Pioli mengatakan, performa AC Milan dalam pertandingan itu patut diacungi jempol. Pelatih berusia 54 tahun itu menilai, Suso dkk. tampil tanpa rasa takut.

"Yang bisa kami lakukan adalah terus lebih baik. Saya melihat tim yang bekerja keras untuk 95 menit. Saya tidak melihat tim yang kesusahan, takut, atau lemah," kata Pioli.

 

Masih Membuat Kesalahan

Selebrasi Pemain Lazio saat mengalahkan AC Milan (AP)

Pioli mengatakan, AC Milan bermain dengan penuh risiko dalam pertandingan dinihari tadi. Ia pun mengakui, para pemainnya masih sesekali membuat kesalahan.

"Kami masih membuat banyak kesalahan, seperti operan di saat kami seharusnya terus menjaga bola, dan sebaliknya," ujar Pioli.

"Saya tidak lagi melihat ketakutan dan kekhawatiran dalam wajah pemain seperti saat saya pertama kali datang," katanya mengakhiri.

Hasil Liga Italia

Jumat 1 November 2019

AC Milan 1-0 SPAL

Sabtu 2 November 2019

AS Roma 2-1 Napoli

Minggu 3 November 2019

Bologna 1-2 Inter Milan

Torino 0-1 Juventus

Atalanta 0-2 Cagliari

Genoa 1-3 Udinese

Hellas Verona 2-1 Brescia

Lecce 2-2 Sassuolo

Fiorentina 1-1 Parma

AC Milan 1-2 Lazio

saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertanyaan yang Banyak Muncul tentang Seleksi CPNS 2019

Posted: 03 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjelang pendaftaran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dibuka, portal LAPOR Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerima banyak pertanyaan seputar persyaratan pendaftaran.

BKN menerima sekitar 50 pertanyaan, terhitung per 1 November 2019 sejak diumumkannya seleksi penerimaan CPNS 2019 pada Senin, 28 Oktober 2019 lalu.

Pertanyaan tersebut paling banyak mengenai penggunaan Surat Keterangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau KTP sementara, penggunaan Surat Keterangan Lulus (SKL), persoalan akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi, Ijazah hilang, Surat Tanda Registrasi (STR) masih dalam tahap proses atau sedang diperpanjang, hingga penggunaan ijazah bagi lulusan luar negeri.

"Calon pelamar yang belum mendapatkan KTP Asli, diperbolehkan melampirkan KTP sementara atau yang sering disebut Surat Keterangan (Suket)," ujar Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, pekan lalu.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2019 pelamar yang mendaftar pada formasi jabatan tenaga kesehatan wajib melampirkan STR (bukan internship) sesuai jabatan yang dilamar dan masih berlaku pada saat pendaftaran, dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada STR.

Namun persyaratan STR tersebut dikecualikan pada beberapa kualifikasi pendidikan, di antaranya kualifikasi pendidikan S-1/D-IV Biologi/Profesi Dokter Hewan untuk jabatan Entomolog Kesehatan Ahli, D-III Entomologi/Biologi/Kesehatan Hewan pada jabatan Entomolog Kesehatan Terampil, S-1 Biologi/Kimia/Teknik Kimia pada jabatan Pranata Laboratorium Kesehatan Ahli, dan S-1 Teknik Lingkungan pada jabatan Sanitarian Ahli.

 

Lulusan Pelamar

Suasana jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ridwan melanjutkan, calon pelamar formasi umum merupakan lulusan SMA/Sederajat yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau Kementerian Agama, serta lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, dimana baik Perguruan Tinggi dan Program Studinya terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes pada saat kelulusan.

Kemudian, untuk formasi khusus cumlaude, selain merupakan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, calon pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri juga dapat mendaftar setelah mendapat penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakaan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.

"Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang mendaftar diaspora, penyetaraan ijazah dapat dilakukan setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus akhir oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi," ujar Ridwan.

Sementara untuk penggunaan Surat Keterangan Lulus (SKL), calon pelamar dapat menunggu pengumuman resmi masing-masing instansi yang memberikan informasi detail tentang persyaratan pendaftaran, serta dapat menghubungi helpdesk atau call center instansi mengenai persoalan ijazah hilang.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua DPR: Tak Masalah Anggota Partai Jadi Dewan Pengawas KPK

Posted: 03 Nov 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin menilai, tidak ada masalah jika anggota partai menjadi Dewan Pengawas KPK. Menurutnya, sepanjang orang tersebut kompeten di bidang hukum.

"Sepanjang dia kompeten, punya latar belakang yang cukup, why not?" ujar Aziz di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/11/2019).

Aziz menyebut, DPR berharap Presiden Jokowi memilih tokoh yang berpengalaman di bidang hukum sebagai anggota dewan pengawas KPK. Dia mengatakan, bisa mantan pimpinan KPK menjadi anggota dewan pengawas.

"Cari orang yang berpengalaman di bidang hukum, punya experience di bidang hukum. Bisa saja mantan KPK, bisa saja mentan komisioner, tentu punya experience yang cukup di bidang hukum," kata dia.

Aziz mengaku tidak masalah Presiden Jokowi menunjuk langsung dewan pengawas KPK. Sebab, UU KPK mengatur hal tersebut. Periode pertama pemilihan anggota dewan pengawas tanpa melibatkan Pansel.

"Sudah ada di UU, ditunjuk oleh pemerintah," ucapnya.

 

Segera Ditunjuk Presiden

Presiden Joko Widodo usai memberikan keterangan terkait revisi UU KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/9/2019). Jokowi mendukung ijin penyadapan dari dewan pengawas internal KPK serta status pegawai KPK sebagai aparatur sipil negara. (Liputan6.com/HO/Kurniawan)

Diberitakan, Presiden Jokowi menyatakan akan segera menunjuk anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengaku masih menampung masukan dari sejumlah pihak terkait sosok yang pantas menjadi Dewan Pengawas KPK.

Untuk pertama kalinya, Dewan Pengawas KPK tak akan dipilih lewat mekanisme panitia seleksi (pansel). Namun, akan dipilih langsung oleh Jokowi. Hal ini juga tertuang dalam pasal 69 A ayat 1 UU KPK hasil revisi yang telah disahkan DPR.

"Untuk pertama kalinya tidak lewat Pansel. Tapi percayalah yang terpilih nanti adalah beliau-beliau yang memiliki kredibilitas yang baik," kata Jokowi saat berbincang-bincang dengan para wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Reporter: Ahda Bayhaqi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Afridza Munandar Meninggal, Lokasi Kecelakaan di Sepang Dekat dengan Insiden Simoncelli

Posted: 03 Nov 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Sepang - Dunia balap Indonesia sedang berduka. Pembalap Indonesia, Afridza Munandar tewas di Sirkuit Sepang, Malaysia pada ajang Asia Talent Cup (ATC) 2019.

Afridza Munandar mengembuskan napas terakhir di rumah sakit Kuala Lumpur. Dia mengalami crash di tikungan kesepuluh pada lap pertama.

Pria berusia 20 tahun tersebut sempat mendapat perawatan medis dan diterbangkan menggunakan helikopter. Sayangnya, nyawa Afridza Munandar tidak terselamatkan.

Lokasi insiden yang dialami, Afridza Munandar berdekatan dengan lokasinya tewasnya pembalap MotoGP, Marco Simoncelli. Pembalap asal Italia juga tewas di Sirkuit Simoncelli.

Simoncelli tewas di tikungan ke-11 pada MotoGP Malaysia yang berlangsung pada 23 Oktober 2011. Ketika itu, dia kehilangan kendali saat menyalip Alvaro Bautista.

Di saat bersamaan, Colin Edwards tiba-tiba menabrak tubuh Simoncelli, serta Valentino Rossi yang hilang kendali dan menabrak bagian kepalanya.

Dimakamkan di Tasikmalaya

Afridza Munandar meninggal dunia menyusul balapan Idemitsu Asia Talent Cup di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019). (Dok MotoGP)

Alridza Munandar akan dimakamkan di kampung halamannya, Tasikmalaya, Jawa Barat. Jenazah akan diterbangkan dari Malaysia pada Senin (4/11/2019) siang.

Hasil autopsi menyebutkan Afridza Munandar meninggal karena benturan keras pada bagian kepala di sisi sebelah kiri. Pihak rumah sakit juga disebutkan masih menunggu hasil uji urine dan darah yang telah dikirim ke Kantor Kimia.

Proses pemulangan jenazah telah diserahkan kepada perusahaan Kasket Paradibes yang telah ditunjuk oleh pihak asuransi.

Selain hasil autopsi, surat pelepasan jenazah dari kepolisian yang menangani insiden ini juga diperlukan sebelum jenazah dapat dipulangkan ke Tanah Air.

 

Ucapan Bela Sungkawa

Tewasnya Afridza Munandar mendapat perhatian dari semua pembalap MotoGP. Pemenang MotoGP Malaysia turut bersedih atas kepergian pembalap Indonesia itu.

"Saya ingin mendedikasikan torehan ini untuk pembalap yang meninggal kemarin, dia (Afridza) adalah pembalap favorit saya di Idemitsu Asia Talent Cup. Saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarganya," ujar Vinales, seperti yang dikutip dari MotoGP.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Audrey Davis Anak David Naif yang Beranjak Dewasa

Posted: 03 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada yang tidak tahu band Naif? Band legendaris Indonesia yang terbentuk pada 22 Oktober 1995 di Jakarta. Awalnya, Naif digawangi oleh Emil di bass, David di vokal, Jarwo di gitar, dan Pepeng di drum dan Chandra di keyboard. Pada 2003, Chandra memutuskan keluar dari Naif karena ingin berkarier sesuai bidang akademisnya.

Sebagai band yang masih eksis hingga sekarang, Naif sudah menelurkan banyak lagu top. Salah satu lagu yang masih sering terdengar sampai sekarang berjudul Benci Untuk Mencinta. Konsistensi Naif, membuat sang vokalis, David Bayu Danangjaya banyak dikenal publik.

Selain menjadi vokalis, David Naif pernah menjadi juri Akademi Fantasi Indosiar (AFI) pada 2013. Selain itu, David juga pernah menjadi presenter di acara Berpacu Dalam Melodi di salah satu progam stasiun televisi. Terkait asmara, vokalis yang sudah menelurkan 11 judul album bersama Naif ini sudah menikah dengan Shilla Delila pada 29 Desember 1999.

Dari pernikahan tersebut, David dikaruniai 2 orang anak bernama Audrey Davis dan Jason Davis Mahadhipa Neswara. Anak sulungnya bernama Audrey Davis, kini sudah berusia 19 tahun dan potretnya semakin memesona. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @audrey.davis, potret Audrey Davis, anak sulung David Naif, Senin (4/11/2019).

1. Ini dia Audrey Davis, anak David Naif yang beranjak dewasa.

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Audrey Davis Anak David Naif yang Beranjak Dewasa (sumber: Instagram.com/audrey.davis)

2. Tahun ini, Audrey berusia 19 tahun.

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Audrey Davis Anak David Naif yang Beranjak Dewasa (sumber: Instagram.com/audrey.davis)

3. Penampilan perempuan pengagum band Cigarette After Sex ini kerap tampil mengenakan kacamata seperti ayahnya.

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Audrey Davis Anak David Naif yang Beranjak Dewasa (sumber: Instagram.com/audrey.davis)

4. Audrey juga berbakat dalam bermusik. Ia kerap mengunggah potretnya saat sedang bermain keyboard.

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Audrey Davis Anak David Naif yang Beranjak Dewasa (sumber: Instagram.com/audrey.davis)

5. Beberapa momen, Audrey berlibur dengan keluarga. Bila diperhatikan, gaya penampilan Audrey mirip sekali dengan ayahnya.

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Audrey Davis Anak David Naif yang Beranjak Dewasa (sumber: Instagram.com/audrey.davis)

6. Kini bila disandingkan, Audrey dan David terlihat seperti adik kakak.

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Audrey Davis Anak David Naif yang Beranjak Dewasa (sumber: Instagram.com/audrey.davis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

India Krisis Polusi, Indeks Kualitas Udara Mencapai Lebih dari 900

Posted: 03 Nov 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Polusi udara di New Delhi, India, dilaporkan mencapai tingkat terburuknya sepanjang tahun ini, hampir 400 kali jumlah standar yang dianggap sehat. Fakta ini menyebabkan pesawat dialihkan dari kota.

Seminggu setelah Diwalit (festival cahaya Hindu, biasanya berlangsung lima hari, melambangkan spiritual kemenangan atas kegelapan, kebaikan atas kejahatan dan pengetahuan atas ketidaktahuan), kabut tebal berwarna cokelat menyelimuti New Delhi.

Pada Jumat kemarin, darurat kesehatan masyarakat diumumkan dan Kepala Menteri New Delhi, Arvind Kejriwal, mengatakan kota ini telah berubah menjadi "kamar gas".

Pada Minggu, 3 November 2019, kualitas udara di India kian memburuk, dengan indeks kualitas udara (AQI) menyentuh angka lebih dari 900 di beberapa daerah, jauh melebihi level 25 yang dianggap aman oleh WHO, dan jauh di atas 500 yang disebut "parah".

Selain itu, jarak pandang pun menjadi amat parah. Lebih dari 30 penerbangan dialihkan dari bandara New Delhi. "Polusi telah mencapai tingkat yang tak tertahankan di India Utara," kata Kejriwal, dikutip dari The Guardian, Senin (4/11/2019).

Ia menambkan, "Pemerintah Delhi mengambil banyak langkah. Warga Delhi sudah banyak berkorban. Delhi menderita tanpa kesalahan mereka. Punjab CM juga menyatakan keprihatinannya. Pemerintah pusat harus mengambil tindakan tegas untuk memberikan bantuan. Kami akan mendukung dalam semua inisiatif." 

Sachin Mathur (31), seorang pengemudi becak motor (bentor) di utara-barat New Delhi, mengaku dia harus tinggal di luar kota agar bisa tetap bekerja. Dia mengklaim sulit untuk bernapas dan hampir tidak bisa membuka matanya di jalan karena terpapar asap yang memedihkan mata.

"Saya sudah mengendarai bentor di jalan-jalan Delhi selama tiga tahun terakhir. Sekarang, setelah Diwali, Delhi menjadi seperti ini," ucap Mathur.

"Saya menderita infeksi tenggorokan dan mata saya seperti terbakar. Polusi ini membuat saya tidak mendapatkan banyak penumpang, sedangkan biaya berobat mahal."

Krisis polusi udara seolah menjadi 'tradisi' tahunan di India saat ini, karena campuran asap beracun dari petasan perayaan festival, pembakaran tanaman oleh petani di Punjab dan Haryana, serta perubahan suhu yang mendingin --membuat asap diam di tempat.

 

 

Pemerintah Bagikan Masker

Penarik becak menembus kabut asap pekat yang menyelimuti jalan di New Delhi, Minggu (3/10/2019). Ibu Kota dari India tersebut sedang dilanda polusi udara yang sangat buruk sekaligus beracun pekan ini. (Photo by Sajjad  HUSSAIN / AFP)

Pada Minggu, 3 November 2019, badan pemantauan lingkungan pemerintah, SAFAR, mengatakan tidak akan ada bantuan untuk setidaknya dua hari ke depan karena hujan dan kelembaban di Delhi.

Sekolah-sekolah ditutup hingga setidaknya Selasa besok. Pekerjaan konstruksi juga diperintahkan untuk dihentikan dan pemerintah telah mengorganisir masker sebanyak 5 juta lembar untuk dibagikan gratis ke penduduk.

Mulai hari ini, Delhi memulai uji coba skema ganjil-genap di jalan raya utama (nyaris mirip seperti di Jakarta), di mana mobil dengan plat nomor ganjil dan genap dapat mengemudi pada hari-hari alternatif.

Akan tetapi, banyak orang di Delhi mendesak langkah-langkah pemerintah yang jauh lebih kuat, terutama untuk menghentikan penyebab utama munculnya asap ini: pembakaran tanaman.

Pencitraan satelit menunjukkan lebih dari 3.000 insiden pembakaran jerami di negara-negara tetangga Delhi pada minggu lalu. Praktek tersebut diperkirakan menyebabkan 44% polusi udara di Delhi.  

Rumah sakit di ibu kota melaporkan lonjakan pasien yang mengeluhkan soal pernapasan mereka. Dr Sai Kiran Chaudhary, kepala pulmonologi di rumah sakit Delhi Heart & Lung Institute, mengatakan orang-orang menjadi lebih sadar tentang bahaya polusi dalam dua tahun terakhir.

"Semuanya, mulai dari peningkatan konstruksi, peningkatan urbanisasi, peningkatan jumlah mobil di jalan dan pengurangan ruang hijau, membuat polusi udara ini semakin buruk setiap tahun," ujar Chaudhary. "Begitu banyak orang yang meninggal karenanya."

Menurut laporan PBB, 14 dari 15 kota paling tercemar di dunia berada di India. Implikasi kesehatan jangka panjang di tengah kepungan asap ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Energy Policy Institute di University of Chicago yang dirilis pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Mereka menemukan bahwa harapan hidup orang yang tinggal di negara bagian Bihar, Chandigarh, Delhi , Haryana, Punjab, Uttar Pradesh, dan Benggala Barat telah berkurang hingga tujuh tahun karena polusi udara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Pelari Team RMHC Indonesia Ramaikan New York Marathon 2019

Posted: 03 Nov 2019 09:37 PM PST

Jakarta - Usai menggelar serangkaian latihan dan persiapan di Tanah Air, para pelari Team RMHC Indonesia memeriahkan ajang lari New York Marathon (TSC New York Marathon 2019). Para pelari tersebut, yang berjumlah 11 orang, melakoni lomba maraton pada 3 November 2019 waktu setempat. 

Ajang lari tersebut diselenggarakan di Staten Island. Para peserta berlari melalui 5 area di New York, yaitu Staten Island, Brooklyn, Queens, Bronx dan Manhattan. Maraton tersebut berakhir di Central Park dan didukung jutaan orang yang berdiri di tepi jalan untuk memberi semangat bagi para pelari sepanjang rute.

Para pelari tim RMHC berlari di TCS New York Marathon 2019 tersebut berpartisipasi dengan satu tujuan mulia, yaitu menggalang dana untuk pembangunan rumah singgah ketiga dari Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) di Denpasar Bali.

Rumah Singgah keluarga pasien anak tersebut akan menjadi rumah tinggal sementara bagi orang tua atau keluarga yang tinggal jauh dari Denpasar dan sedang menemani buah hati mereka dalam menjalani pengobatan karena penyakit kronis yang dideritanya. Rumah Singgah ini sudah mulai dalam tahap pembangunan. Peletakan batu pertama sudah dilakukan pada Oktober 2019.

Lewat ajang lari ini, besar harapannya agar rumah singgah Yayasan RMHC dapat segera terwujud. Penggalangan dana masih berlangsung sampai Desember 2019 yang bisa diakses melalui www.rmhc.or.id.

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani/Erwin Fitriasyah, Published 04-11-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMP 2020 Riau Ditetapkan Naik Jadi Rp 2,88 Juta

Posted: 03 Nov 2019 09:37 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau secara resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Riau tahun 2020 sebesar Rp 2,8 juta.

"SK penetapan UMP Riau 2020 sudah ditandatangani Gubernur. Sesuai hasil sidang dewan pengupahan UMP Riau tahun 2020 ditetapkan sebesar Rp 2.888.564," kata Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, Jonli, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/11/2019). 

Jonli menjelaskan UMP Riau 2020 yang ditetapkan sebesar Rp 2,8 juta itu mengalami kenaikan sekitar 8,5 persen dari upah tahun sebelumnya yang sebesar Rp 2,6 juta.

Jonli mengharapkan dengan adanya kenaikan UMP pada tahun 2020 ini, para pekerja dan buruh di Riau bisa semakin meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka sehingga kenaikan upah sesuai sejalan dengan kontribusi pekerja kepada perusahaan.

"Dengan adanya kenaikan ini, maka diharapkan akan ada kesejahteraan buruh dan pekerja karena ini merupakan komitmen dari pemerintah. Selain itu, juga sejalan dengan produktivitas kerja sehingga perusahaan bisa berkembang lebih baik," ujarnya.

Ia mengatakan pemberlakuan UMP tersebut akan dilakukan setiap awal tahun anggaran yakni mulai 1 Januari 2020.

 

Sosialisasi

Sejumlah wanita membawa bendera saat aksi Hari Buruh di Jakarta, Senin (1/5). Dalam aksinya para buruh meminta sistem kerja kontrak dan upah rendah dihapus. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Ia mengatakan keputusan penetapan UMP Riau 2020 selanjutnya sudah disosialisasikan ke pemerintah kabupaten/kota se Provinsi Riau untuk segera menerbitkan Upah Minum Kota (UMK) tahun 2020.

"Paling lambat, bupati dan walikota itu sudah harus mengirimkan SK penetapan UMK-nya pada tanggal 8 November," ujarnya lagi.

Setelah SK UMK kabupaten/kota tahun 2020 ditetapkan, selanjutnya Pemprov Riau akan mengesahkannya.

Pihaknya juga mengingatkan kepada UMK agar mengacu aturan yang berlaku untuk menghitung UMK masing-masing kabupaten dan kota.

"Hasil perhitungan itu dilakukan melalui formula pengupahan pasal 44 ayat 2 PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polda Jatim Ungkap Jaringan Malaysia, Sita Sabu 7 Kg

Posted: 03 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan sabu asal Malaysia yang dikendalikan kurir dan bandar asal Surabaya, dibongkar Ditreskoba Polda Jawa Timur. Polisi menyita 7 kilogram (kg) sabu, yang dimasukkan dalam kemasan teh China dan diselundupkan melalui jalur laut.

Bandar jaringan ini terpaksa ditembak mati karena nekad menabrak motor anggota, saat berupaya kabur. Ditreskoba Polda Jawa Timur, berhasil membongkar jaringan peredaran sabu asal Malaysia. Polisi mendapatkan barang bukti seberat tujuh kilogram.

Jaringan ini dikendalikan seorang bandar berinisial H (45) dan seorang kurir berinisial GEP (35). Kedua tersangka ini berasal dari Surabaya. Awalnya polisi meringkus tersangka kurir GEP yang membawa sabu satu kilogram, dari hasil pengembangan, tersangka kurir mengaku mendapat sabu dari bandar berinisial H.

Petugas pun langsung memburu H dan berhasil diketahui jejaknya di kawasan Bangkalan madura dnegan membawa sabu 6 kilogram yang dimasukkan ke dalam kemasan teh. Berikut video liputannya pada Fokus, 1 November 2019.

Namun saat akan ditangkap, pelaku justru menabrakkan mobilnya ke motor petugas, hingga akhirnya pelaku ditembak mati.

Dari penyelidikan, diketahui sabu berasal dari Malaysia, yang dikirimkan melalui jalur laut dan darat, menuju Mojokerto, tempat persembunyian tersangka H. Sabu tersebut kerap diedarkan di wilayah Madura dan Mojokerto, saat ini petugas mengembangkan penyidikan di lapangan untuk mengungkap jaringan yang lebih besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MTV EMA 2019, Ada Billie Eilish hingga Green Day dalam Daftar Pemenang

Posted: 03 Nov 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Sevilla - MTV Europe Music Awards alias MTV EMA 2019 baru saja digelar pada Minggu (3/11/2019) di FIBES Conference and Exhibition Centre di Sevilla, Spanyol. 

MTV EMA 2019 dipandu oleh Becky G, dan menghadirkan sejumlah penampilan bintang populer seperti  Halsey, Rosalía, Dua Lipa, hingga Niall Horan.

Yang menarik dari MTV EMA 2019 adalah beragamnya nama yang keluar sebagai pemenang. Ada bintang muda yang bersinar, Billie Eilish, hingga musikus senior Green Day. 

Jadi, siapa saja pemenang MTV EMA 2019? Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir dari E! News:

 

Daftar Pemenang MTV EMA 2019 (1)

Taylor Swift.  (Rich Fury/Getty Images/AFP)

Best U.S. Act

Taylor Swift

Best Canadian Act

Johnny Orlando

Best Video

Taylor Swift ft. Brendon Urie of Panic! At The Disco, "ME!"

Best Artist

Shawn Mendes

Best Song

Billie Eilish, "Bad Guy"

Daftar Pemenang MTV EMA 2019 (2)

Billie Eilish (Photo by Jack Plunkett/Invision/AP, File)

Best Collaboration

ROSALÍA, J Balvin ft. El Guincho, "Con Altura"

Best New Artist

Billie Eilish

Best Pop Artist

Halsey

Best Live Artist

BTS

Best Rock Artist

Green Day

Daftar Pemenang MTV EMA 2019 (3)

Best Hip-Hop Artist

Nicki Minaj

Best Alternative Artist

FKA Twigs

Best Electronic Artist

Martin Garrix

Best Look

Halsey

Biggest Fans

BTS

 

Daftar Pemenang MTV EMA 2019 (4)

Best Push Artist

Ava Max

Best World Stage

Muse: Bilbao, Spain 2018

Best U.K. & Ireland Act

Little Mix

 

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran Baru Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

Posted: 03 Nov 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejak tahun 2018, per tanggal 24 Januari, Pemprov DKI Jakarta di bawah Pemerintahan Gubernur Anies Baswedan menandatangani pelimpahan Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin yang kemudian dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta.

Hal tersebut merupakan peran baru bagi Dispusip sebagai pengelola sumber daya manusia dan khasanah kesastraan yang sebelumnya dikelola oleh yayasan H.B Jassin.

PDS HB Jassin bermula dari koleksi dokumentasi sastra yang dihimpun oleh Hans Bague Jassin pada tahun 1933, yang tercetus karena hobi Bapak Jassin dalam mengumpulkan karya sastra.

H.B Jassin terletak di komplek Taman Ismail Marzuki-Cikini.  Mengelola koleksi yang terdiri dari buku fiksi - non fiksi, naskah asli para sastrawan, naskah drama, biografi, rekaman suara, video, dan foto-foto pengarang.

Yayasan dan Pemprov DKI Jakarta akan sama-sama berkoordinasi, kerjasama dan sinergi dalam rangka pengembangan sastra.

Diharapkan kedepannya dengan pengelolaan yang lebih baik, PDS HB Jassin menjadi pusat dokumentasi sastra tingkat regional hingga tingkat dunia yang dapat digunakan sebagai rujukan mahasiswa ataupun peneliti sastra dalam mencari informasi terkait kesusastraan. Jumlah Koleksi yang tercatat di PDS H.B Jassin saat ini sebanyak 134.177 judul, 165.214 eksemplar.

Malah Dispusip DKI Jakarta akan menambah koleksi buku sastra di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Buku sastra tersebut rencananya ditambah 5.000 eksemplar dan terdiri dari 1.000 judul.Buku sastra yang ditambah tidak hanya terbitan baru. Namun juga terbitan lama dengan judul atau nama-nama sastrawan yang masih populer.

Kepala Satuan Pelaksana Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Diki Lukman Hakim menambahkan, sejak pertengahan Januari 2019, para pustakawan terus mendata dan menyeleksi koleksi buku sastra yang akan ditambah. Ia mengungkapkan, anggaran yang dialokasikan untuk penambahan 5.000 eksemplar buku sastra ini sekitar Rp200 juta.

Kemudian, Dispusip DKI Jakarta juga melakukan pengadaan satu unit alat alihmedia untuk mendigitalisasi koleksi-koleksi di Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin di Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat, di tahun 2019.

Pengadaan alat tersebut bertujuan untuk mengalihmediakan koleksi atau arsip statis di PDS HB Jassin dari bentuk kertas menjadi bentuk digital dengan cara dipotret.

"Koleksi di PDS HB Jassin mayoritas masih orisinil atau asli dan sudah lama. Naskah asli sastrawan, korespondensi, artikel koran, hasil penelitian, buku-buku lama dan lain-lain sangat perlu kita jaga," tutur dia.

Diki menjelaskan, melalui digitalisasi tersebut para pengunjung, khususnya pecinta sastra bisa menikmati karya atau koleksi di PDS HB Jassin tanpa harus bersentuhan langsung dengan koleksi tertulis dalam lembaran kertas. Ia menambahkan, untuk pengadaan alat alihmedia tersebut Dispusip DKI Jakarta menganggarkan sebesar Rp500 juta.

"Buku digital itu akan mirip dengan aslinya. Semuanya kita integrasikan dalam bentuk digital," terangnya.

Dispusip juga mengajak agar masyarakat mencintai kesustraan asli dalam negeri dengan kebiasaan gemar membaca. Ada beberapa trik agar diri terbiasa membaca. Namun perlu juga komitmen. Yang pertama luangkanlah waktu untuk membaca, kedua siapkan tas berisi buku dan ketiga membuat daftar buku bacaan.

Yuk budayakan gemar membaca.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Lola Zieta, Cosplayer Seksi yang Mengaku Panseksual

Posted: 03 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lola Zieta dikenal sebagai salah satu cosplayer ternama di Indonesia. Sebelum menjadi cosplayer, perempuan asal Blitar ini merupakan seorang model. Lola pernah menjadi perwakilan Indonesia sebagai cosplayer di ajang Tokyo Game Show 2016 silam.

Saat ini, Lola memiliki lebih dari 318 ribu follower di Instagram. Salah satu hal yang menjadi ciri khas sosok Lola ialah sosok seksi dalam bercosplay. Bahkan, ia mengaku tak segan tampil tanpa busana jika konsep pemotretannya bagus, bukan hanya sekadar pemotretan biasa.

Dalam sebuah wawancara di channel Youtube Deddy Corbuzier pada yang diunggah pada 2 November 2019 lalu, Lola blak-blakan kepada Deddy, termasuk soal orientasi seksualnya. Lola Zieta mengaku dirinya sebagai panseksual.

"I'm panseksual, aku punya pilihan pribadiku. Buat aku gender itu nggak terlalu (penting). Kalo kebetulan aku lagi suka trans, ya sudahlah. Aku bisa menyesuaikan dengan apapun itu," ujar Lola.

Panseksual adalah ketertarikan seseorang kepada orang lain tanpa memandang jenis kelamin. Penasaran seperti apa sosoknya? Berikut Liputan6.com rangkum 6 potret Lola Zieta, cosplayer seksi yang mengaku panseksual, Senin (4/11/2019).

1. Lola Zieta merupakan seorang Cosplayer ternama di Indonesia.

Potret Lola Zieta, Cosplayer Seksi yang Mengaku Panseksual (sumber:Instagram/lolazieta)

2. Perempuan bernama lengkap Lola Zieta Azelien pernah jadi perwakilan Indonesia sebagai cosplayer di ajang Tokyo Game Show 2016 silam.

Potret Lola Zieta, Cosplayer Seksi yang Mengaku Panseksual (sumber:Instagram/lolazieta)

3. Lola Zieta yang lahir di Blitar, Jawa Timur pada 17 Maret 1995 ini memiliki 318 ribu follower di Instagram.

Potret Lola Zieta, Cosplayer Seksi yang Mengaku Panseksual (sumber:Instagram/lolazieta)

4. Baru-baru ini Lola Zieta mengaku dirinya sebagai panseksual.

Potret Lola Zieta, Cosplayer Seksi yang Mengaku Panseksual (sumber:Instagram/lolazieta)

5. Pengakuan tersebut disampaikan Lola saat diwawancara oleh Deddy Corbuzier yang diunggah pada akun YouTubenya.

Potret Lola Zieta, Cosplayer Seksi yang Mengaku Panseksual (sumber:Instagram/lolazieta)

6. Panseksual sendiri merupakan ketertarikan kepada orang lain tanpa memandang identitas gender atau jenis kelamin.

Potret Lola Zieta, Cosplayer Seksi yang Mengaku Panseksual (sumber:Instagram/lolazieta)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia 2019: Balapan Terakhir Musim Ini

Posted: 03 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Valencia - Musim balap MotoGP 2019 segera memasuki tahap akhir. Balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol menjadi yang terakhir pada MotoGP musim ini.

Balapan MotoGP Valencia akan berlangsung pada 15-17 November 2019. Namun, balapan itu sudah tidak lagi menentukan, karena Marc Marquez sudah memastikan gelar juara dunia tahun ini.

Tapi, Marquez baru saja memecahkan rekor poin Jorge Lorenzo ketika menjadi juara dunia 2010. Marquez sudah mengoleksi 395 poin sejauh ini, sedangkan Lorenzo mendulang 383 poin saat menjadi juara dunia 2010.

The Baby Aliens malah berpeluang menambah lagi pundi-pundi poinnya, karena masih ada balapan MotoGP Valencia. Namun, Sirkuit Ricardo Tormo bukan favorit Marquez, karena dia terakhir menang di Valencia terjadi pada MotoGP 2014.

Musim lalu, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang finis terdepan di MotoGP Valencia 2018. Berikut jadwal MotoGP Valencia, yang merupakan balapan terakhir dalam kalender balap tahun ini.

Jadwal MotoGP Valencia 2019

Sirkuit Ricardo Tormo yang mementaskan balapan MotoGP Valencia. (MotoGP)

Jadwal MotoGP Valencia Spanyol 2019

Jumat 15 November 2019

15:00 - 15:40, FP1 Moto3

15:55 - 16:40, FP1 MotoGP

16:55 - 17:35, FP1 Moto2

19:15 - 19:55, FP2 Moto3

20:10 - 20:55, FP2 MotoGP

21:10 - 21:50, FP2 Moto2

Sabtu 16 November 2019

15:00 - 15:40, FP3 Moto3

15:55 - 16:40, FP3 MotoGP

16:55 - 17:35, FP3 Moto2

18:35 - 18:50, Q1 Moto3

19:00 - 19:15, Q2 Moto3

19:30 - 20:00, FP4 MotoGP

20:10 - 20:25, Q1 MotoGP

20:35 - 20:50, Q2 MotoGP

21:05 - 21:20, Q1 Moto2

21:30 - 21:45, Q2 Moto2

Minggu 17 November 2019

14:20 - 14:40, WU Moto3

14:50 - 15:10, WU Moto2

15:20 - 15:40, WU MotoGP

17:00, Race Moto3

18:20, Race Moto2

20:00, Race MotoGP

Klasemen MotoGP 2019

Berikut klasemen sementara MotoGP 2019 usai Seri Malaysia

Klasemen Pembalap

Marc Marquez - Honda - 395 poin

Andrea Dovizioso - Ducati - 256

Maverick Vinales - Yamaha - 201

Alex Rins - Suzuki - 194

Danilo Petrucci - Ducati - 176

Fabio Quartararo - Yamaha - 172

Valentino Rossi - Yamaha - 166

Jack Miller - Ducati - 149

Cal Crutchlow - Honda - 133

Franco Morbidelli - Yamaha - 115

Pol Espargaro - KTM - 94

Joan Mir - Suzuki - 83

Takaaki Nakagami - Honda - 74

Aleix Espargaro - Aprilia - 56

Francesco Bagnaia - Ducati - 54

Andrea Iannone - Aprilia - 43

Miguel Oliveira - KTM - 33

Johann Zarco - Honda - 30

Jorge Lorenzo - Honda - 25

Tito Rabat - Ducati - 18

Stefan Bradl - Honda - 16

Michele Pirro - Ducati - 9

Hafizh Syahrin - KTM - 8

Sylvain Guintoli - Suzuki - 7

Karel Abraham - Ducati - 7

Mika Kallio - KTM - 3

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uber Eats Akan Gunakan Drone untuk Antar Makanan

Posted: 03 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kini drone tidak hanya akan digunakan untuk keperluan fotografi saja, tetapi juga kebutuhan lainnya. Terkini, Uber Eats berencana untuk menggunakan drone untuk mengantarkan makanan.

Rencana ini akan memasuki tahap uji coba dalam pengantaran pada musim panas selanjutnya di wilayah San Diego, Amerika Serikat.

Disebutkan bahwa penggunaan drone akan memudahkan pengantaran makanan ke bangunan yang memiliki lantai tinggi. Dengan demikian, pengemudi Uber Eats tidak perlu melakukan perjalanan jauh.

Namun sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan Federal Aviation Administration, drone ini hanya akan dapat terbang dalam batas 400 kaki atau sekitar 121 meter.

Drone VTOL

Dilansir dari Forbes, Senin (4/11/2019) drone ini memiliki enam rotor vertical take off and landing (VTOL) yang dapat mengangkat makanan untuk dua orang di bodinya.

Drone yang akan menjadi perpanjangan tangan pengemudi Uber Eats ini memiliki total jarak tempuh sejauh 28.9 km dan durasi baterai selama sekitar menit.

Total jarak tempuh terbagi menjadi tiga bagian, masing-masing sekitar 9 km untuk pengambilan makanan di restoran, pengantaran ke pelanggan, dan kembali ke tempat di mana drone diterbangkan.

(Keenan Pasha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tradisi Unik Gulat Okol dari Pamekasan untuk Minta Hujan

Posted: 03 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kemarau yang berkepanjangan, membuat warga Kecamatan Palengaan dan sekitarnya kekurangan air bersih. Hal ini membuat warga berharap hujan, dan tidak kesulitan mendapatkan air, sehingga mereka menggelar tradisi okol. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 3 November 2019.

Bertempat di sebuah lahan kering di Desa Akor, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Madura. Ratusan warga dari tujuh kecamatan di Pamekasan berkumpul untuk menggelar tradisi okol.

Dalam ritual upacara adat meminta hujan ini akan ada dua orang petarung untuk bergulat, dipimpin oleh dua orang wasit, atau yang biasa disebut buto.

Buto bertugas menyeleksi masing-masing pemain okol, dengan menghadapkan dua petarung terpilih. Dan jika di antara petarung sudah dianggap seimbang, maka pertarungan akan dimulai.

Pertarungan okol hampir mirip dengan olah raga gulat. Para pemain saling mengadu kekuatan untuk menjatuhkan lawan. Petarung dinyatakan kalah, jika salah satu petarung terjatuh, dengan punggung menyentuh tanah.

Dengan pertarungan tradisi okol ini, para petarung dan warga berharap hujan akan turun deras, seperti derasnya keringat para petarung. Kedua pemain okol, baik yang menang maupun yang kalah mendapatkan hadiah, yang menang mendapatkan sebuah kaos dan air mineral, sedangkan yang kalah hanya mendapatkan, sebungkus rokok dan air mineral.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mimpi Tak Sampai Ahmad Dhani, Gagal di Bekasi Kini Ingin Maju di Pilkada Surabaya 2020

Posted: 03 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berada di balik jeruji besi rupanya tak membuat hasrat politik Ahmad Dhani surut. Buktinya, ia sudah mengambil formulir untuk ikut serta dalam kontestasi Pilkada Surabaya 2020 mendatang.

Dalam karier politiknya, Ahmad Dhani tercatat pernah mengikuti Pilkada Kabupaten Bekasi dan menjadi caleg Partai Gerindra pada Pileg 2019. Namun, ia harus merasakan kegagalan.

Seperti diketahui, Ahmad Dhani tersandung dua kasus. Kasus pertama dugaan ujaran kebencian (hate speech) yang ditangani oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Hakim memvonis Ahmad Dhani 1 tahun 6 bulan atau 18 bulan penjara. Pengadilan Tinggi Jakarta kemudian memutuskan hukuman yang dijalani Ahmad Dhani menjadi 1 tahun penjara.

Pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam mengatakan, kliennya diperkirakan akan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta pada Desember 2019.

Lantas, apakah Ahmad Dhani benar akan maju dalam Pilkada Surabaya 2020 mendatang? Berikut ulasan karier politik Ahmad Dhani:

 

Gagal di Pilkada Kabupaten Bekasi

Setelah sang istri, Mulan Jameela melakukan sesi curhat kepada Deddy Corbuzier, kini Ahmad Dhani pun melakukan hal serupa. Pentolan grup band Dewa 19 ini juga membeberkan  perihal kontroversi hubungannya dengan Maia dan Mulan. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Ahmad Dhani mencoba peruntungannya di dunia politik dengan mengikuti Pilkada Kabupaten Bekasi 2017 silam. Kala itu, Ahmad Dhani sebagai Calon Wakil Bupati mendampingi Sa'duddin sebagai calon Bupati. Keduanya didukung oleh PKS, Gerindra, dan Demokrat.

Sayangnya, paslon Sa'duddin-Ahmad Dhani harus mengakui keunggulan lawannya Neneng Hasanah Yasin-Eka Supria Atmaja yang terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Kabupaten Bekasi 2017-2020.

Kala itu, Sa'duddin-Ahmad Dhani hanya meraup 309.410 suara atau 26,13 persen.

 

Gagal Lolos ke Senayan

Preskon Ahmad Dhani (Nurwahyunan/bintang.com)

Tak pupus sampai disitu, gagal di Pilkada Kabupaten Bekasi, Ahmad Dhani kembali mencoba peruntungannya maju di Pileg 2019 sebagai caleg dari Partai Gerindra dari Dapil di Dapil Jatim 1 meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Sayangnya, keberuntungan belum berpihak kepadanya. Ahmad Dhani kembali gagal menjadi wakil rakyat karena hanya meraup 40.148 suara.

Terjerat Kasus HukumAhmad Dhani kemudian harus menjalankan proses hukum lantaran dilaporkan oleh aktivis Koalisi Bela NKRI ke Polda Jatim. Pelapor merupakan salah satu elemen yang berdemo menolak deklarasi #2019GantiPresiden.

Ahmad Dhani diduga melontarkan ujaran kebencian dengan menyebut kata "idiot" dalam sebuah vlog saat acara deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya beberapa waktu lalu. Saat itu, dia tengah diadang massa di Hotel Majapahit.

Setelah menjalani persidangan, pada Selasa (11/6/2019) Ahmad Dhani divonis 1 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya. Ia dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana melakukan pencemaran nama baik.

Vonis ini dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim R Anton Widyopriono. Dalam amar putusan yang dibacakannya, Ahmad Dhani dinyatakan bersalah melanggar Pasal 45 ayat (3) jo pasal 27 ayat (3) UU RI No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika.

Informasinya, Dhani bakal menghirup udara bebas Desember 2019.

 

Ingin Maju Pilkada Surabaya 2020

Gaya terdakwa Ahmad Dhani usai menjalani sidang lanjutan atas kasus ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/11). Sidang beragendakan pembacaan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Walau masih di balik penjara untuk menjalani hukuman, Ahmad Dhani melalui perwakilannya mengambil formulir untuk pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya di kantor DPC Partai Gerindra.

Pengambilan formulir pendaftaran sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota oleh Ahmad Dhani ini dibenarkan oleh Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya, BF Sutadi.

Ia menyatakan, Ahmad Dhani telah mengambil formulir pendaftaran ke DPC Partai Gerindra diwakili oleh seseorang yang mengaku sebagai utusannya. Formulir tersebut diketahui telah diambil sejak 26 Oktober lalu.

"Ya betul, ada utusan yang mengaku mengambil formulir untuk atas nama mas Ahmad Dhani," ujar Sutadi, Kamis, 31 Oktober 2019.

Namun, ia belum mengetahui pada posisi apa Ahmad Dhani mengambil formulir pendaftaran tersebut. Apakah sebagai posisi Wali Kota atau Wakil Wali Kota.

"Formulir belum dikembalikan. Jadi belum tahu yang bersangkutan (Ahmad Dhani) mau wali kota atau wakil. Tunggu sampai tanggal 15 November, batas pengembalian formulir," pungkas Sutadi.

 

Reporter : Syifa Hanifah, Erwin Yohanes

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: ASEAN Plus Three Jangkar Stabilitas Keamanan dan Kesejahteraan di Kawasan 

Posted: 03 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri KTT ke-22 ASEAN Plus Three (APT) di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Senin (4/11/2019). Dalam forum itu, Jokowi menyatakan, setelah lebih dari 2 dekade, APT tumbuh menjadi mekanisme solid di kawasan dalam menghadapi berbagai tantangan.

Dari mekanisme penguatan cadangan devisa hingga ketahanan pangan dan dari mekanisme respons tanggap darurat bencana hingga deteksi awal krisis ekonomi. "Singkat kata, APT adalah jangkar stabilitas, keamanan dan kesejahteraan di kawasan," kata Jokowi. 

Bahkan ke depan, sambung Jokowi, tantangan yang dihadapi kawasan akan semakin besar, rivalitas geopolitik dan geoekonomi semakin meruncing. Ia mengingatkan bahwa tantangan keamanan tradisional dan non-tradisional semakin meningkat.

"Ancaman resesi ekonomi menghantui negara di kawasan. Situasi tersebut diperparah dengan meningkatnya proteksionisme dan ketidakpastian penyelesaian perang dagang," ujar Jokowi

Untuk menyikapi dinamika tersebut, Jokowi menyampaikan dua hal yaitu pentingnya memperkuat saling percaya (strategic trust) dan pentingnya solidaritas dalam menghadapi bencana. Untuk memperkuat strategic trust, Jokowi berharap agar soliditas negara APT diperkuat.

"Strategic Trust harus dikokohkan, rasa saling percaya harus terus dipupuk, habit of dialogue harus terus dikedepankan," tuturnya. Jokowi juga mengingatkan jika strategic trust melemah maka kekuatan kawasan akan goyah.

"Jika soliditas APT rapuh maka stabilitas keamanan, perdamaian dan kemakmuran kawasan menjadi taruhan," ungkap Jokowi

 

Memperkuat Ketahanan Finansial

Presiden Jokowi menghadiri KTT ke-22 ASEAN Plus Three (APT) di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman)

Sementara itu, solidaritas dalam menghadapi bencana juga sangat penting karena kawasan Asia Timur menghadapi tantangan yang sama, yaitu rentan terhadap bencana alam. Bahkan kerugian akibat bencana di kawasan kita pada 2016 misalnya, tercatat sebesar US$ 91 miliar.

"Dalam hal ini, saya tegaskan kembali pentingnya bersinergi memperkuat ketahanan finansial menghadapi bencana, termasuk dengan mengembangkan pembiayaan dan asuransi untuk risiko bencana," tutur Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi menyambut baik inisiatif pembiayaan risiko bencana dan upaya pemulihan cepat pascabencana melalui Fasilitas Asuransi Risiko Bencana Asia Tenggara (SEADRIF). "Saya mengajak semua negara APT untuk berkontribusi dalam mengembangkan dan memperkuat mekanisme ini," Jokowi memungkasi.

Selain dihadiri pemimpin negara-negara ASEAN, KTT APT ini dihadiri Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang.

Usai menghadiri KTT APT, Presiden Jokowi dijadwalkan makan siang sambil membicarakan pembangunan berkelanjutan bersama dengan para pemimpin ASEAN dan Sekretaris Jenderal PBB.

Selanjutnya, secara berturut-turut Jokowi akan hadir dalam KTT ke-14 Asia Timur, mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, menghadiri KTT ke-22 ASEAN-Jepang, menghadiri KTT ke-3 RCEP, dan mengikuti upacara penutupan rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN.

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden akan diakhiri dengan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang sebelum bertolak kembali menuju Tanah Air.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Nepal Cetak Rekor Usai Mendaki 14 Puncak Tertinggi Dunia

Posted: 03 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria Nepal bernama Nirmal Purja menjadi pendaki 14 puncak tertinggi di dunia paling cepat. Nirmal yang berusia 36 tahun itu hanya membutuhkan waktu enam bulan untuk mendaki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sofyan Basir Eks Dirut PLN Divonis Bebas

Posted: 03 Nov 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Utama PT PLN persero, Sofyan Basir divonis bebas oleh pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Senin (4/11/2019). Sofyan dinyatakan tidak terbukti bersalah dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1.

"Mengadili menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara sah dan meyakinkan sebagaimana dakwaan pertama dan kedua," kata hakim ketua Hariono saat membacakan amar putusan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Sebelumnya, Sofyan Basir berharap divonis bebas dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1 yang menjeratnya. Hal itu disampaikan Sofyan sesaat sebelum menghadapi sidang putusan.

"Yang terbaik, bebas," ujar Sofyan singkat.

Ia enggan mengomentari lebih lanjut terkait vonis yang akan dijatuhi majelis hakim yang diketuai Hariono nanti.

Dalam sidang tuntutan, Sofyan dituntut lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan. Mantan Direktur Utama BRI itu dianggap turut membantu terjadinya tindak pidana korupsi berupa suap terkait proyek PLTU Riau-1.

Jaksa penuntut umum pada KPK membacakan tuntutan Sofyan Basir pada Senin, 7 Oktober 2019 kemarin.

Saat mendengar tuntutan jaksa, Sofyan Basir menilai, ada kreativitas yang luar biasa yang diperlihatkan KPK. Menurut Sofyan, ada hal yang tak wajar sejak dirinya dijerat sebagai tersangka dalam perkara ini.

"Jadi memang dalam arti kata, saya merasa ada sesuatu yang tak wajar karena ini bukan proyek APBN, ini proyek betul-betul kami terima uang dari luar dalam rangka investasi masuk," kata Sofyan Basir usai mendengar tuntutan seperti dikutip dari Antara.

 

 

Tak Terima Uang Korupsi

Terdakwa dugaan suap proyek PLTU Riau-1 yang juga mantan Dirut PLN, Sofyan Basir jelang menjalani sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (10/7/2019). Sofyan Basir dituntut 5 tahun penjara ditambah denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sofyan mengatakan, seperti yang disebutkan jaksa KPK, dirinya tak menerima sepersen pun dari proyek senilai USD 900 juta itu. Dia bahkan menuduh tim lembaga antirasuah telah mengkriminalisasinya.

"Bisa dikatakan kriminalisasi," kata Sofyan Basir.

Meski demikian, tuntutan 5 tahun dari jaksa KPK terhadap Sofyan Basir bukan tanpa alasan. Sofyan Basir dinilai terbukti turut memfasilitasi pertemuan antara anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, politikus Partai Golkar Idrus Marham, dan pengusaha, Johannes Budisutrisno Kotjo dalam pembahasan PLTU Riau-1.

Tak hanya itu, Sofyan Basir juga dianggap mengetahui bahwa Eni Saragih dan Idrus Marham akan mendapatkan fee dari Johanes Kotjo jika perusahaan Johanes, Blackgold Natural Resources Limited diberikan kesempatan menggarap PLTU Riau-1.

Sofyan Basir juga disebut beberapa kali melakukan pertemuan dengan Eni Saragih dan Kotjo membahas proyek ini. Sofyan menyerahkan ke anak buahnya, Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN Supangkat Iwan Santoso untuk mengurus proposal yang diajukan Kotjo.

Atas bantuan Sofyan Basir, perusahaan Johanes Kotjo mendapatkan proyek PLTU Riau-1. Eni dan Idrus menerima imbalan dari Kotjo sebesar Rp 4,7 miliar.

Tindakan lainnya yang dinilai turut membantu terjadinya suap adalah penandatanganan surat persetujuan. Padahal, sebelum surat itu ditandatangani, materi harus dirapatkan dengan jajaran direksi lain di PLN.

Sementara dalam kasus ini Sofyan melangkahi prosedur tersebut. Sofyan terlebih dahulu melakukan penandatanganan surat persetujuan proyek tersebut meski materi dari surat itu belum dibahas lebih lanjut dengan jajaran direksi lainnya di PLN.

Merujuk keterangan ahli hukum Abdul Fickar Hadjar, jaksa mengatakan orang yang membantu perbuatan tindak pidana korupsi tak harus mendapatkan hasil.

"Dalam hal mereka yang turut membantu tidak harus memperoleh manfaat yang didapatkan," ucap jaksa saat membaca analisa yuridis tuntutan Sofyan Basir.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Anak SD Pilih Jadi Youtuber Ketimbang Menteri Keuangan

Posted: 03 Nov 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku terkesima ketika mendengar berbagai jawaban dari anak-anak sekolah dasar. Hal itu disampaikannya usai mengajar di Sekolah Dasar (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat, Senin (4/11).

Sri Mulyani menceritakan, ketika memberikan materi terkait pengelolaan keuangan negara, dirinya sempat melontarkan pertanyaan kepada siswa-siswi mengenai minat mereka menjadi Direktur Jenderal Pajak ataupun Menteri Keuangan. Namun, tak ada satupun dari siswa-siswi tersebut berminat.

"Ditanya mau jadi Dirjen Pajak, mau jadi Menteri Kuangan? Tidak mau mereka, mereka maunya jadi Youtouber, jadi atlet internasional, jadi pilot jadi pengusaha sukses," kata Sri Mulyani.

Kedatangan Sri Mulyani untuk menjadi guru merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Oeang 2019 yang digelar Kementerian Keuangan. Dalam acara ini, Kementerian mengajak para pegawainya untuk menjadi relawan mengajar bagi anak-anak sekolah.

Kegiatan relawan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan ini digelar secara serentak di Indonesia. Acara ini digelar di 27 provinsi dengan melibatkan 3.700 relawan pegawai Kementerian Keuangan. Acara ini diklaim tak menggunakan dana APBN namun menggunakan dana pihak yang menjadi relawan.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Kesan Sri Mulyani Usai Mengajar Siswa SD Kenari

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku terkesan ketika mendapatkan kesempatan mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat. Sebab, banyak pelajaran berarti yang dia dapat terutama ketika melakukan dialog bersama para siswa-siswi.

Sri Mulyani mengatakan, para siswa-siswi SDN Kenari 01 sebetulnya memiki pengetahuan dasar yang baik. Hanya saja belum mampu diutarakan dalam sebuah narasi yang tepat.

"Dan mereka tahu Indonesia dipimpin oleh seorang presiden, tujuan sejahterakan rakyat ciptakan keadilan keamanan," kata dia usai mengajar di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019).

Bendahara Negara ini menambahkan, selain pemahaman dasar yang baik, pola pikir para-siswa-siswi ini juga rupanya cukup matang. Hal itu tercermin ketika Sri Mulyani bertanya kepada anak-anak akan pentingnya bayar pajak.

"Saya tanya kenapa harus bayar pajak? Mereka menjawab untuk kepentingan bersama. Itu solidaritas luar biasa keluar spontan dari mereka. itu menurut saya pesan yang luar bisa dan sikap dari anak-anak itu," kata dia.

Seperti diketahui, kehadiran Sri Mulyani di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat ini dalam rangkaian kegiatan hari oeang 2019 yang tersebar di 27 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, terdapat 3.700 relawan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan yang terlibat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Bawang Merah Naik, Sentuh Rp 30 Ribu per Kg

Posted: 03 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah tercatat naik di Pasar Pondok Gede, Kota Bekasi. Kenaikan harga bawang merah sampai menyentuh Rp 30 ribu per kilogram (kg).

Pedagang Sayur di Pondok Gede, Ibu Atun (56) menjelaskan, harga beberapa komoditas sayuran memang mengalami kenaikan pada hari ini. Hanya komoditas cabai yang mengalami penurunan harga.

Atun pun mengaku memutar otak untuk mengatasi sepinya pembeli di pasar beberapa hari belakangan.

"Bawang merah sekarang Rp 28 ribu sampai Rp 30 ribu per kg saya jualnya. Harga Rp 28 ribu aja sudah naik Rp 600 dari harga sebelumnya," ungkapnya kepada Liputan6.com, Senin (4/11/2019).

Atun melanjutkan, saat ini jauh lebih efektif menjual sayuran dalam jumlah seperapat dibanding per kg.

"Daun pisang aja sekarang Rp 15 ribu, udah pada naik. Makanya kita sekarang jual bawang putih seperapat aja Rp 8 ribu, cabai rawit merah juga seperapat Rp 13 ribu," ujarnya.

Sementara itu, pedagang lain Ibu Rini (48) hari ini membanderol bawang putih di harga Rp 36 ribu per kg. Harga tersebut menurutnya masih terbilang tinggi.

"Bawang merah, bawang putih lagi mahal. Bisa sampai Rp 40 ribu per kg bawang putih," kata dia.

Adapun bawang merah ia jual Rp29 ribu per kg. Cabai rawit merah Rp49 ribu per kg dan cabai keriting merah Rp38 ribu per kg," pungkasnya.

"Selain bawang, ada daung bawang sama timun yang lagi mahal sekarang," ujar Rini.

Stok Terlambat Datang, Harga Ayam Melambung

Sihmi, penjual daging ayam di Pasar Grogol, Jakarta Barat. Dok: Tommy Kurnia/liputan6.com

Harga komoditas daging sapi dan ayam terpantau naik di pasar Pondok Gede, Kota Bekasi. Akibat kenaikan tersebut, jumlah pembeli menurun.

Ibu Warni (53), pedagang ayam, menyebut harga ayam mengalami kenaikan di awal pekan ini. Stok dari pusat pun dibilang lamban untuk sampai ke pedagang-pedagang pasar seperti dirinya.

"Satu kilogram (kg) ayam sekarang Rp36 ribu. Biasanya kan Rp 26 ribu per kg. Udah sepekan ini naik," ucap Warni gamblang kepada Liputan6.com, Senin (4/11/2019). 

Dia juga sempat mengeluhkan pembeli yang sepi imbas dari kenaikan harga ayam. Kata dia, hanya pelanggan yang sudah kenal saja membeli ayam.

"Kita juga udah enggak motong (ayam) ini. Terlambat dari sananya ngantre. Kita kan enggak kuat modalnya," kata dia.

Hal senada juga diutarakan pedagang lain, yaitu Pak Irwan (45), yang membanderol harga daging ayam sampai ke posisi Rp 35 ribu per kg.

"Sudah enggak di kisaran Rp 20 ribu lagi, enggak masuk. Kita di sini Rp 35 ribu sampai Rp 36 ribu per kg," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Dinamika Semester Akhir ala Netizen Ini Benar Adanya, Pernah Mengalami?

Posted: 03 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tujuan akhir perkuliahan adalah lulus. Namun jalan menuju lulus tidak semulus yang dibayangkan. Selalu saja ada hambatan yang dialami saat berusaha lulus. LAzimnya, para mahasiswa sering mengalami hambatan saat berada di semester akhir.

Biasanya, semester akhir diisi dengan mengerjakan skripsi. Skripsi menjadi tugas akhir mahasiswa agar bisa lulus dari perkuliahan. Tahapan skripsi diawali dari pengajuan proposal hingga sidang akhir. Dari tahapan tersebut, banyak sekali godaan dan hambatan yang bisa membuat mahasiswa lama dalam mengerjakan skripsi.

Dinamika semester akhir ini berusaha disampaikan akun Twitter @ponakannyaom pada 30 Oktober 2019. Akun Twitter tersebut mengunggah meme tentang godaan yang ia dapat dari mengerjakan skripsi. Menurutnya, godaan terbesar skripsi adalah bersantai.

Penasaran kan apa saja dinamika semester akhir yang banyak dirasakan oleh mahasiswa? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, dinamika semester akhir ala netizen, Senin (4/11/2019).

1. Baru juga mulai skripsi, godaan berlibur sudah dirasakan.

6 Dinamika Semester Akhir ala Netizen Ini Benar Adanya, Pernah Mengalami? (sumber: Twitter.com/ponakannyaom)

2. Karena terlalu santai, bisa membuat kamu lupa kalau sedang skripsi.

6 Dinamika Semester Akhir ala Netizen Ini Benar Adanya, Pernah Mengalami? (sumber: Istimewa)

3. Rebahan kadang lebih nikmat dibanding revisian.

6 Dinamika Semester Akhir ala Netizen Ini Benar Adanya, Pernah Mengalami? (sumber: Twitter.com/rizkyacahyani)

4. Bahkan tenggelam di media sosial bisa membuatmu lupa akan tuntutan orang tua.

6 Dinamika Semester Akhir ala Netizen Ini Benar Adanya, Pernah Mengalami? (sumber: Istimewa)

5. Karena uang untuk bayar sidang, sampai-sampai tidak bisa nongkrong bareng teman.

6 Dinamika Semester Akhir ala Netizen Ini Benar Adanya, Pernah Mengalami? (sumber: Istimewa)

6. Realita habis lulus, rebahan lebih menarik dibanding nyari kerja. Benar?

6 Dinamika Semester Akhir ala Netizen Ini Benar Adanya, Pernah Mengalami? (sumber: Istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shownu Monsta X Jadi Korban Manipulasi Foto Syur

Posted: 03 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Beberapa foto yang diklaim menampilkan Shownu Monsta X beredar di media sosial pada Minggu (3/11/2019) kemarin. Rangkaian potret ini menggegerkan publik, karena menampilkan hal yang sifatnya sangat pribadi.

Dilansir dari Soompi, Senin (4/11/2019), foto-foto ini awalnya berasal dari seorang pengguna Twitter.

Salah satu foto memperlihatkan seorang pria terlelap di atas tempat tidur hanya dengan pakaian dalam. Foto lainnya memperlihatkan seorang pria yang tak mengenakan pakaian sama sekali. Sang warganet menyebut bahwa orang dalam foto ini adalah Shownu Monsta X.

Foto yang diperkirakan diambil secara rahasia ini, langsung menjadi perhatian warganet. Sementara itu, Starship Entertainment yang menaungi Shownu Monsta X langsung bergerak menanggapi unggahan ini.

Manipulasi

Shownu Monsta X (Soompi)

Perwakilan Starship Entertainment dengan tegas menyatakan bahwa foto ini adalah hasil manipulasi.

"Foto-foto yang dimanipulasi secara ilegal dan dikaitkan dengan Shownu telah disebarkan secara online dan lewat media sosial," tutur juru bicara agensi ini.

Langkah Hukum

Shownu Monsta X (Soompi)

Startship juga akan menempuh langkah hukum atas perkara ini.

"Kami akan melaporkan ke polisi orang pertama yang mengunggah foto ini, termasuk mereka yang membantu menyebarkan fotonya, dan kami akan bekerja sama dengan kuasa hukum kamu untuk menempuh langkah hukum yang tegas lewat gugatan sipil atas kerugian yang terjadi akibat pelanggaran Undang-Undang Spesial terkait Kriminalitas Seksual, menyebarkan konten yang dianggap pornografi atas Undang-Undang Penggunaan Jaringan dan Informasi, serta pelanggaran privasi."

Wonho Monsta X

Seminggu terakhir, Shownu dan Monsta X dihajar sejumlah isu negatif yang bertubi-tubi. Akhir pekan lalu Monsta X kehilangan Wonho setelah pria tersebut diberitakan memiliki utang, memiliki catatan kriminal, dan pernah mengonsumsi ganja dengan mantan ulzzang Jung Da Eun.

Tak hanya keluar dari Monsta X, kontrak Wonho dengan Starship juga diputus gara-gara masalah ini.

Soal Wanita Bersuami

Sementara Shownu sempat dituding menjalin hubungan terlarang dengan seorang wanita bersuami. Namun Starship membantah tuduhan ini, dan menyebut pelantun "Dramarama" ini tak tahu status wanita tersebut. Setelah mengetahuinya, Showu sama sekali tak mau lagi berhubungan dengan wanita itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waskita Beton Garap Proyek Pengaman Pantai di Singapura

Posted: 03 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) melakukan penandatanganan kerja sama untuk menyuplai proyek pengaman pantai di Pulau Tuas, Singapura.

Ini merupakankerja sama WSBP dengan perusahaan Semut Tama Langgeng PTE Ltd, di mana pemilik proyektersebut adalah Temasek. Dengan adanya kerja sama ini, WSBP berhasil mencatatkan nilaikontrak sebesar Rp 217,5 miliar.

"Melalui produk tetrapod ini, kami akan melakukan ekspansi ke luar negeri," ujar Agus Wantoro selaku Direktur Pemasaran PT Waskita Beton Precast Tbk dalam keterangannya, Senin (4/11/2019).

Adapun spesifikasi produk tetrapod yang akandisuplai yaitu ukuran: L=1,32m ; H=1,21m; Cement type V, K350.

Perusahaan menargetkan proyek ini akan selesai pada awal tahun 2020. "Ke depannya tetrapodjuga akan ditargetkan untuk disuplai pada proyek pengaman pantai di seluruh Indonesia," katanya.

Tingkatkan Kinerja, Waskita Beton Andalkan Produk Baru

Sharing session PT Waskita Beton Precast Tbk bertajuk Gather and Be Thankful Together di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu (3/2/2019). 

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) menargetkan di akhir tahun 2019 kontribusi proyek eksternal WSBP akan mencapai 50-60 persen. Hal tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama ditahun 2018 yakni sebesar 34 persen.

"Untuk meningkatkan kontribusi proyek eksternal, perusahaan harus bisa menawarkan harga yang kompetitif dengan produk berkualitas tinggi serta mengedepankan keunggulan perusahaan yaitu pengiriman yang tepat waktu," kata Jarot Subana selaku Direktur Utama WSBP dalam keterangannya, Rabu (23/10/2019).

Untuk merealisasikan hal tersebut, WSBP berkomitmen melakukan inovasi terhadap produk-produk unggulannya. WSBP berencana untuk memasarkan produk produk unggulan barunya, diantaranya adalah Spun Pile diameter 1.200 mm dengan panjang 50 m yang baru saja diresmikan, Tiang Listrik Beton, RC Pipe diameter diatas 2 meter, Sistem Perkerasan Rigidpavement Waskita Precast atau biasa disebut SprigWP, dan Bantalan Jalan Rel Kereta tipe 1.067 dan 1.435.

Spun Pile diameter 1.200 mm dan panjang 50 meter tersebut bisa mencakup pasar yang lebih luas baik di dalam dan luar negeri. Spun Pile diameter 1.200 mm dengan panjang 50 m ini merupakan Spun Pile pertama terpanjang dengan diameter terbesar di Asia Tenggara.

Produk ini direncanakan akan disuplai untuk proyek–proyek kilang minyak lepas pantai dan pengaman pantai. Spun Pile ini diproduksi di Plant Bojonegara.

"Plant ini ditargetkan dapat memproduksi Spun Pile berdiameter 800 mm, 1.000 mm, dan 1.200 mm," tambah Jarot.

Lebih lanjut terkait Spun Pile dengan panjang 50 m ini membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan Spun Pile model segmental. Dalam waktu dekat ini Waskita Beton Precast membidik proyek jalan Tol Semarang-Demak untuk memasarkan produk ini.

Tiang Listrik Beton

Hanya tiang listrik, hasil foto Sekala estetik banget nih! (Liputan6.com/IG/fotofotobumi)

Tiang Listrik Beton juga masuk sebagai produk baru WSBP. Tiang Listrik Beton berfungsi sebagai penyangga konduktor listrik dan komponen-komponen lainnya dan sudah distandarisasi dengan Standar melalui rangkaian Uji Teknis mulai dari pemeriksaan visual hingga uji mutu beton.

Ada dua tipe tiang listrik beton yang diproduksi WSBP, yaitu Tiang Beton Pratekan Tipe SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) 12/200 dan (190mm) dan Tiang Beton Pratekan Tipe SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) 9/350 dan 190mm. Kedua produk tersebut sudah bersertifikat dan sudah teruji secara mutu dan teknis.  

Inovasi terbaru WSBP lainnya yang sudah tersertifikasi adalah Sistem Perkerasan Rigidpavement Waskita Precast atau biasa disebut SprigWP yang diciptakan untuk kebutuhan pembangunan jalan raya.

Dengan keunggulan berupa kemudahan dalam proses pengaplikasiannya, durabilitas yang lebih tinggi dibanding aspal, dan tingkat pemeliharaan yang tidak rumit, SprigWP sudah pernah dilakukan uji coba sepanjang 100 m di jalanan Kota Surabaya.

Adapula produk Bantalan Jalan Rel Kereta tipe 1067 dan 1435 untuk Proyek Kereta Api Double Track yang berfungsi sebagai tumpuan laju kereta api. Untuk Bantalan Jalan Rel Kereta tipe 1067 sudah tersertifikasi dan tipe 1435 saat ini masih dalam proses sertifikasi. Dengan kedua produk tersebut, WSBP menyasar proyek-proyek di Pulau Jawa dan Sumatra, serta pengembangan jaringan kereta api di Sulawesi dan Kalimantan.

Inovasi produk lainnya yang masih dalam proses sertifikasi ialah RC Pipe dengan diameter di atas 2 meter yang berfungsi sebagai saluran air/drainase yang berbentuk pipa. Selain untuk Proyek Sewerage Sulawesi, Sumatra dan Jabodetabek, WSBP juga membidik pasar untuk proyek Pembangkit Listrik di Jawa dan Bali serta untuk mendukung proyek-proyek Jalan Tol di Indonesia dengan RC Pipe andalannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesan Sri Mulyani Usai Mengajar Siswa SD Kenari

Posted: 03 Nov 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku terkesan ketika mendapatkan kesempatan mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat. Sebab, banyak pelajaran berarti yang dia dapat terutama ketika melakukan dialog bersama para siswa-siswi.

Sri Mulyani mengatakan, para siswa-siswi SDN Kenari 01 sebetulnya memiki pengetahuan dasar yang baik. Hanya saja belum mampu diutarakan dalam sebuah narasi yang tepat.

"Dan mereka tahu Indonesia dipimpin oleh seorang presiden, tujuan sejahterakan rakyat ciptakan keadilan keamanan," kata dia usai mengajar di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019).

Bendahara Negara ini menambahkan, selain pemahaman dasar yang baik, pola pikir para-siswa-siswi ini juga rupanya cukup matang. Hal itu tercermin ketika Sri Mulyani bertanya kepada anak-anak akan pentingnya bayar pajak.

"Saya tanya kenapa harus bayar pajak? Mereka menjawab untuk kepentingan bersama. Itu solidaritas luar biasa keluar spontan dari mereka. itu menurut saya pesan yang luar bisa dan sikap dari anak-anak itu," kata dia.

Seperti diketahui, kehadiran Sri Mulyani di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat ini dalam rangkaian kegiatan hari oeang 2019 yang tersebar di 27 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, terdapat 3.700 relawan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan yang terlibat.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Ajari Anak SD Cara Kelola Keuangan Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengajar di SDN Kenari 1, Jl Kramat IV, Jakarta Pusat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat, pada Senin pagi ini. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dasar kepada anak-anak mengenai pengelolaan keuangan negara.

Kepada siswa SDN Kenari, Sri Mulyani menjelaskan, di suatu negara mana pun ada instansi pemerintah yang tugasnya adalah mengurusi keuangan negara. Di Indonesia, Kementerian Keuangan mendapat peran tersebut.

"Berarti ada menteri yang harus urus uang, nah itu siapa? Ibu. Semua membutuhkan dana untuk pembangunan negara. Menterinya menteri keuangan negara, orangnya ada di sini," kata Sri Mulyani kepada anak-anak, di SD Kenari 01, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bendahara Negara ini juga melontarkan beberapa pertanyaan terhadap anak-anak. Tujuannya, untuk menarik pemahaman anak-anak atas dasar tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan. 

"Kalau Menkeu tugasnya kelola keuangan negara, uangnya kira-kira dari mana yah?" tanya Sri Mulyani kepada anak-anak.

Secara kompak, para anak-anak tersebut kemudian menjawab dengan beragam macam. "Jual beli. Pajak. Cukai Bu," jawab anak-anak.

Mendengar jawaban tersebut, kemudian Sri Mulyani memberikan pertanyaan kembali kepada mereka. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menanyakan pajak yang dihasilkan tersebut berupa pajak dari mana.

"Pajak rokok, mobil, rumah," jawab anak-anak.

Seperti diketahui, kehadiran Sri Mulyani ini juga dalam rangkaian kegiatan Hari Oeang yang tersebar di 27 provinsi seluruh Indonesia. Dalam acara ini, terdapat 3.700 relawan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan yang terlibat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Toyota Indonesia Hadapi Tantangan Digital Industri Otomotif

Posted: 03 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mendukung perkembangan ke arah digitalisasi dan juga industri 4.0, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar kompetisi teknologi informasi (IT) Toyota Fun/Code. Perhelatan yang baru pertama kali dilakukan ini, menarik ratusan jumlah peserta, yang awalnya hanya ditargetkan 200 orang membludak hingga 775 orang yang terbagi dalam 593 tim.

Melalui seleksi dewan juri, dari 593 tim yang mengajukan ide proposal, sebagian besar memilih subtema ownership experience dengan komposisi 32 persen dari total ide, diikuti education dengan 22 persen, value chain & trade in dengan 19 persen, eco driving dengan 18 persen, dan disability dengan 9 persen. Melalui penilaian tim juri, 70 tim terbaik berhasil lolos ke babak final.

"Kami berharap, kompetisi ini menjadi salah satu ajang yang akan melahirkan professional handal di bidang IT yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan pembangunan Indonesia ke depan," ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (4/11).

Dalam babak final, 70 tim ini diberi kesempatan untuk melakukan proses coding pada tahap HackDay yang berlangsung nonstop selama 24 jam, pada 2-3 November 2019.

Proses coding ini menguji kemampuan fisik dan mental serta kecerdasan para peserta dalam menghasilkan aplikasi yang telah direncanakan.

Melalui proses coding atau pengembangan aplikasi (application development), dewan juri menyaring 70 tim menjadi delapan tim yang mendapat kesempatan untuk melakukan presentasi dan demo aplikasi.

Penilaian dilakukan berdasarkan kesiapan aplikasi dengan bobot 20 persen, fitur dan kegunaan aplikasi dengan bobot 20 persen, masalah yang bisa diselesaikan dengan bobot 20 persen, potensi pengembangan dengan bobot 15 persen, kemudahan tampilan dan kegunaan dengan bobot 15 persen, dan kesesuaian dengan tema dengan bobot 10 persen.

Juara

Berdasarkan hasil penilaian akhir dari dewan juri, tim Ga Chibi yang menghadirkan aplikasi RENTO berhasil mendapatkan nilai tertinggi sehingga berhak meraih predikat juara pertama Toyota Fun/Code.

Juara kedua diraih Tim NL_Lone yang menghadirkan aplikasi digital DEFINO (Deaf Assistant of Toyota). Sedangkan juara ketiga, diraih Tim Focus AR dengan ide aplikasi IMMERSIVE EDU.

Sebagai informasi, dewan jurinya sendiri terdiri dari Budi Kusmiantoro CTO OVO, Alfred Boediman Managing Director Samsung Research Indonesia, Vikra Ijas Chief Product Officer dan Co-Founder Kitabisa.com, Herman Widjaja Senior VP Tokopedia, Hendro Riyadi VP Bukalapak, serta beberapa juri dari manajemen PT TAM.

Untuk menjamin sistem penilaian, para juri akan menggunakan aplikasi Scora. Aplikasi ini merupakan bagian dari platform inovasi guna memudahkan penghitungan, pencatatan, dan penyimpanan nilai peserta dalam sebuah kompetisi.

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tutorial Merawat Bayi Ala Netizen Ini Kocak, Jangan Ditiru

Posted: 03 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang merawat bayi tentu bisa dibilang susah-susah gampang. Bagi yang belum pernah merawat, perlu adanya pendampingan khusus agar bayi tidak salah rawat. Banyak cara yang bisa dilakukan agar bayi bisa terawat dengan baik seperti paham cara mengganti popok, mengajak bercengkerama dan masih banyak aktivitas lainnya.

Demi memberi tutorial merawat bayi yang baik, Akun Instagram @receh.id mengunggah beberapa tutorialnya pada postingan 2 November 2019. Akun @receh.id mengunggah beberapa tutorial merawat bayi yang nyeleneh banget.

Tak disangka postingan tersebut justru viral. Hingga kini, postingan tutorial merawat bayi tersebut sudah mendapatkan 76,8 ribu like dan 3,8 ribu komentar. Banyak netizen merasa geregetan saat melihat postingan tersebut.

"Akhirnya wawasan saya bertambah luas berkat postingan yg sangat berfaedah ini bagi alam" tulis akun @egyprayudaa, Sabtu (2/11/2019).

"Bagi yang belum menikah jangan coba2 untuk mencoba" tulis akun @thutyindahh, Sabtu (2/11/2019).

Penasaran kan bagaimana tutorial merawat bayi ala netizen yang kocak? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @receh.id, tutorial merawat bayi yang kocak, Senin (4/11/2019).

1. Ya kali periksa popok, tangannya dimasukkan semuanya.

7 Tutorial Merawat Bayi Ala Netizen Ini Kocak, Jangan Ditiru (sumber: Instagram.com/receh.id)

2. Duh, memandikan bayi kok kayak menyirami bunga sih.

7 Tutorial Merawat Bayi Ala Netizen Ini Kocak, Jangan Ditiru (sumber: Instagram.com/receh.id)

3. Masak iya bayi disuruh minum sendiri.

7 Tutorial Merawat Bayi Ala Netizen Ini Kocak, Jangan Ditiru (sumber: Instagram.com/receh.id)

4. Duh, cara ngangkatnya kok kayak ambil bola sih.

7 Tutorial Merawat Bayi Ala Netizen Ini Kocak, Jangan Ditiru (sumber: Instagram.com/receh.id)

5. Kok malah dibungkus gitu bayinya, kayak buah aja.

7 Tutorial Merawat Bayi Ala Netizen Ini Kocak, Jangan Ditiru (sumber: Instagram.com/receh.id)

6. Ya ampun, bayinya jangan dilempar terlalu tinggi dong.

7 Tutorial Merawat Bayi Ala Netizen Ini Kocak, Jangan Ditiru (sumber: Instagram.com/receh.id)

7. Ya enggak ngopi bareng juga kali. Jangan ditiru ya bapak-bapak dan ibu-ibu.

7 Tutorial Merawat Bayi Ala Netizen Ini Kocak, Jangan Ditiru (sumber: Instagram.com/receh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mensos Juliari Batubara Sambangi Gedung KPK

Posted: 03 Nov 2019 09:05 PM PST

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kanan) dan Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kiri) usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan ini sebagai upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Sosial. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kanan) dan Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kiri) usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan ini sebagai upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Sosial. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kiri) dan Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kanan) usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan membahas sinkronisasi data warga miskin agar bantuan kesehatan tepat sasaran. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kiri) dan Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kanan) usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan membahas sinkronisasi data warga miskin agar bantuan kesehatan tepat sasaran. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pimpinan KPK Agus Rahardjo (tengah) didampingi Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kiri) memberi keterangan usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan ini sebagai upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Sosial. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pimpinan KPK Agus Rahardjo (tengah) didampingi Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kiri) memberi keterangan usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan ini sebagai upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Sosial. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kiri) didampingi Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kanan) memberi keterangan usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan membahas sinkronisasi data warga miskin agar bantuan kesehatan tepat sasaran. (merdeka.com/DwiNarwoko)

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kiri) didampingi Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kanan) memberi keterangan usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan membahas sinkronisasi data warga miskin agar bantuan kesehatan tepat sasaran. (merdeka.com/DwiNarwoko)

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kiri) dan Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kanan) usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan ini sebagai upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Sosial. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kiri) dan Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kanan) usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (04/11/2019). Pertemuan ini sebagai upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Sosial. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura dan Jepang Jadi Negara Pemegang Paspor Terkuat, Indonesia Nomor Berapa?

Posted: 03 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data yang dirilis Henley Index, pada kuarter terakhir 2019, dua negara Asia, yakni Jepang dan Singapura, berhasil kampiun sebagai negara pemegang paspor terkuat tahun ini.

Melansir dari situs resminya, Senin (4/11/2019), ranking tersebut diperoleh berdasarkan kemudahan akses yang didapat pemegang paspor, di mana Jepang dan Singapura tercatat kantongi gratis visa ke 189 destinasi perjalanan.

"Dengan beberapa catatan, ranking terbaru dari Henley Passport Index menunjukkan negara dengan peningkatan akses gratis visa yang nantinya bakal jadi faktor progres ekonomi dan sosial yang krusial," kata Christian Kaelin, Chairman Henley and Partners dan pencipta konsep index paspor seperti dikutip dari CNN Travel.

Menyusul di tempat kedua, ada Finlandia, Jerman, dan Korea Selatan yang mendapat akses gratis visa ke 187 destinasi. Mengusul di tempat ke tiga dengan akses gratis visa ke 186 tujuan wisata adalah Denmark, Italia, dan Luxembourg.

Prancis, Spanyol, dan Swedia menyusl di posisi ke empat dengan akses gratis visa ke 185 destinasi, sementara Austria, Belanda, Portugal, dan Swiss harus puas berada di urutan ke-5 dengan akses gratis visa ke 184 destinasi.

Indonesia sendiri masih bertengger di posisi ke-75 kategori negara pemegang paspor terkuat versi Henley Index di kuarter terakhir 2019. Dengan akses gratis visa ke-69, posisi ini ditempati bersama Zambia. Posisi ini kalah dari Papua New Guinea yang berada di ranking 64 dengan bebas visa ke 82 negara.

Negara Pemegang Paspor Terburuk

Ilustrasi paspor (Celeb Africa)

Index perhitungan meninggalkan beberapa negara di posisi bungsu kategori paspor terkuat versi Henley Index. Berturut-turut dari posisi 102--109, mereka adalah Nepal, Libya, Sudan. Teritori Palestina, Somalia, Pakistan, Suriah, Irak, dan Afghanistan.

Masing-masing mencatat gratis visa ke 38 negara, 37 negara untuk Libya, Sudan. Teritori Palestina, 33 negara, 31 negara, 30 negara, 29 negara, 27 negara, serta 25 negara.

Data yang dipakai Henley Index ditarik dari International Air Transport Authority (IATA) yang terdiri dari 199 paspor dengan 227 destinasi perjalanan.

Ranking ini akan terus diperbaruhi secara real time sepanjang tahun. Pergeraknnya didasari perubahan regulasi pengurusan visa dari setiap negara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Harap Jatim Masuk Venue Piala Dunia U-20

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengharapkan Jawa Timur (Jatim) menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 pada 2021.

"Oh iya, masak orang Jawa Timur tidak berharap rek," ujar dia kepada wartawan  di sela inspeksi mendadak di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu, 3 November 2019.

Gelora Bung Tomo adalah satu-satunya stadion di Jawa Timur yang sudah diajukan PSSI ke FIFA sebagai salah satu tempat pertandingan Piala Dunia U-20 dua tahun mendatang.

Sembilan stadion lain juga diajukan sebagai venue untuk event itu, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Manahan di Solo.

Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar Bali, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Ia juga berharap Provinsi Bali yang memiliki Stadion I Wayan Dipta menjadi salah satu tuan rumah. Mengenai keputusan venue di mana saja yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20, mantan Ketua Komisi II DPR ini menyerahkannya kepada FIFA.

Menteri yang juga politikus Partai Golkar ini mengatakan agar niat menjadi tuan rumah berjalan sukses maka sejumlah pihak, termasuk Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini harus duduk bersama tanpa mencari siapa yang salah sehingga ada jalan keluar.

"Yang penting adalah bagaimana persyaratan sesuai penetapan FIFA dapat terpenuhi. Mengelola olahraga tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri dan harus bergotong-royong. Kuncinya kita harus bisa menurunkan ego masing-masing dan duduk bareng," kata dia.

Ia juga mengakui dari sisi stadion, GBT memang mendekati standar internasional, tapi persyaratan bukan hanya soal lapangan, tapi juga sarana dan prasarana di luar stadion juga menjadi pertimbangan.

"Menurut saya, jalan menuju stadion perlu diperlebar dan lingkungan sekitar perlu diperbaiki," kata Menpora yang akrab disapa ZA ini.

Pemkot Surabaya Kebut Renovasi Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, jelang bidding atau penawaran menjadi salah satu venue piala dunia U-20 pada 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengebut renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang berada di Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal Surabaya.

Oleh karena itu, pemkot memastikan renovasi GBT bersama lima lapangan penunjang latihan bakal dilakukan secara bertahap. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, ada beberapa renovasi yang dilakukan di stadion GBT agar berstandar internasional.

Mulai dari renovasi kamar mandi, pintu utama, scoring board, paving halaman depan, penambahan daya lampu dari 1.400 lux menjadi 2.400 lux hingga penambahan fasilitas lain seperti Jacuzzi di ruang ganti pemain dan single seat (tempat duduk penonton).

"Jalur masuknya juga sudah kita kasih separator, nanti juga kita tambahi penerangan, selain itu GBT nantinya diberikan tunnel (jalur)," kata Eri, Kamis, 17 Oktober 2019.

Dia menuturkan, tunnel (jalur) menuju lapangan akan dibuat berbeda. Tunnel dari tempat konferensi pers sampai ke lapangan bakal dibuat terpisah. Pihaknya memastikan saat ini masih menata kembali desain layout tersebut. Namun, renovasi GBT yang paling utama adalah pergantian rumput secara total yang bakal dikerjakan pada awal Januari 2020.

"Kalau ini digedoknya APBD (disetujuinya oleh DPRD Surabaya) November, berarti kan sudah lelang di Desember, jadi nanti mulai Januari (2019) seluruh lapangan dari GBT sampai lapangan penunjang itu akan diperbaiki lagi," ujar dia.

Ia mengungkapkan, jenis rumput yang bakal digunakan stadion GBT Surabaya bakal berstandar Internasional. Walaupun sebelumnya sudah ada rumput berstandar Internasional, hanya saja tidak sepenuhnya utuh dan beberapa sudah tambah sulam.

"Jadi ini nanti kita kupas semuanya (rumput), kita ganti dengan rumput sejenis. Pastinya kita akan minta arahan dari teman-teman PSSI juga untuk rumput kualitas terbaik," kata dia.

 

Dilengkapi CCTV

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Disamping itu, stadion GBT ini juga bakal dilengkapi dengan CCTV, Wifi, hingga pengguat sinyal. Sementara terkait aksebilitas menuju stadion, pihaknya juga sedang mencari jalan alternatif lain.

Sebab, kendaraan besar seperti bus membutuhkan ruas jalan yang lebar. Menurut Eri, ada dua alternatif jalan yang bisa digunakan menuju GBT, yaitu melewati Jalan JLLB (Jalur Lingkar Luar Barat ) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Benowo.

"Kalau lewat tol tidak bisa, karena terbentur terowongan sebelah Osowilangon. Kita juga meminta surat ke jasa marga untuk exit tol agar bisa langsung ke GBT, pilihan lain lewat akses Pelindo (III), kan ada jalannya itu," kata Eri.

Selain renovasi stadion utama GBT, pihaknya juga memperbaiki lapangan penunjang untuk tempat latihan. Di antaranya, lapangan Gelora 10 Nopember, Karanggayam, Lakarsantri, Wiyung, dan Sememi. Bahkan, pada 2020, pihaknya juga bakal menambah pohon di sisi Buffer Zone TPA Benowo ke arah Stadion GBT.

"Tahun 2019 itu pengerjaan scoring board, sama perbaikan bagian depan GBT seperti pintu masuk, dan paving. Renovasi Stadion GBT ini diprediksi selesai dalam 10 bulan," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Terlihat Seperti Idola, Wanita Ini Habiskan Ratusan Juta untuk Operasi Plastik

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Untuk terlihat menawan dan terlihat cantik di mata semua orang memang tidak mudah. Banyak dari wanita yang menggunakan berbagai produk untuk berdandan dan terlihat cantik bak seorang idola. Namun, ada juga beberapa wanita yang menggunakan cara instan seperti operasi plastik (oplas) agar terlihat menawan dan mirip dengan idola kesukaannya.

Meskipun oplas wajah membutuhkan dana yang tidak sedikit, tetapi banyak dari wanita yang rela menghabiskan uangnya demi mendapatkan wajah yang sempurna. Seperti wanita bernama Serena Smith, ia rela menghabiskan uangnya hingga Rp 271 juta untuk mengoplas wajahnya.

Penampilan Serena yang mengalami perubahan drastis akibat operasi plastik ini, mengundang banyak pria yang mendekatinya. Tidak hanya itu, bahkan banyak pria yang tergila-gila dengan kecantikan Serena ini. Dikutip dari Daily Star, Serena mengungkapkan bahwa ia mulai tertarik dengan operasi plastik sejak usianya yang masih terbilang muda.

"Sejak usia muda, saya mulai tertarik dengan operasi plastik dari menonton berbagai film dokumentar dan reality show," tuturnya pada Daily Star.

Karena memiliki wajah yang berbeda dan semakin cantik, ternyata kekasih dari Serena ini mengaku cemburu karena Serena mendapatkan banyak perhatian dari para pria.

1. Operasi Payudara

Sumber: Instagram @theserenasmith

Pada usianya yang memasuki umur yang ke 18 tahun saat itu, Serena sudah melakukan operasi pada payudaranya.  Ia mengatakan bahwa ia memperbesar payudaranya dari payudara A-cup ke D-double.

"Prosedur pertama saya adalah pembesaran payudara saya pada saat usia 18 tahun. Saya beralih dari payudara A-cup ke D-double," ungkapnya.

Setelah melakukan operasi payudara, Serena memutuskan untuk memfilter bibirnya tak lama setelah melakukan pembesaran payudara.

2. Menjadi Pusat Perhatian

Sumber: Instagram @theserenasmith

Dengan wajah yang cantik, Serena mengaku bahwa ia menjadi pusat perhatian oleh para laki-laki. Bahkan lelaki yang sudah memiliki istri dan anak-anak mengalihkan pandangannya untuk menatap Serena jika sedang berada di luar rumah.

"Saya selalu melihat pria mengabaikan istri dan anak-anaknya lalu menatap saya, karena saya mengira mereka berharap bisa bermain dengan saya," katanya.

3. Meniru Idolanya

Sumber: Instagram @theserenasmith

Operasi Plastik yang dilakukan Serena ini dikarenakan ia mengikuti idolanya, seperti Jayne Mansfield, Paris Hilton, Britney Spears dan juga Pamela Anderson.

"Aku mengidolakan Barbie yang ikonik dan juga selebriti berambut pirang yang cantik, seperti Jayne Mansfield, Britney Spears, Paris Hilton dan Pamela Anderson," ungkapnya pada Daily Star.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Minggu Ini: Imbalan Setimpal untuk Kesungguhanmu

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kartu Queen of Wands dalam prediksi Tarot Minggu Ini periode 3 - 9 November 2019 memberi pesan semangat dan energi besar.

 

Queen of Wands

Semangat dan energi yang cukup besar mewarnai hari-harimu dalam minggu ini. Ada keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga. Kehangatan hubungan dengan rekan kerja juga cukup terjaga. 

 

Bisnis dan Keuangan

Kemampuan mengendalikan bisnis yang cukup bagus. Keuangan stabil, dapat terkendali. Kesuksesan bersamamu dalam minggu ini. 

 

 

 

Pekerjaan

Energi yang cukup bagus untuk mendapatkan hasil maksimal. Kesungguhanmu bekerja dalam minggu ini akan mendatangkan imbalan yang setimpal.

Kesehatan

Kondisi fisik yang cukup bagus. Manfaatkan energimu semaksimal mungkin. 

Jika muncul kegalauan dan emosi negatif, segera diolah dan kendalikan, supaya tidak berpengaruh pada fisik dan aktivitasmu serta relasimu dengan orang lain. 

 

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad Bedakan Bagian Tubuh Nagita Slavina dengan Hoaks Video Syur

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis (31/10/2019), Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengunggah sebuah video baru di akun YouTube mereka. Bukan vlog seperti biasa, melainkan video klarifikasi terkait beredarnya video syur mirip Nagita Slavina.

Untuk membuktikan bahwa itu bukan istrinya, Raffi Ahmad pun memperlihatkan sebuah foto yang diambil dari video viral itu. Perempuan dalam foto tersebut, tidak memiliki tahi lalat di dekat bibir seperti Nagita Slavina.

"Ini contoh ya satu hal yang memang udah pasti hoaksnya nih ya. Ini dikirim sama teman aku. Nih ini Nagita itu ada tahi lalatnya dan ini tuh enggak ada tahi lalatnya dan Nagita juga lebih mancung," tutur Raffi Ahmad melalui video YouTube yang diunggah pada Kamis (31/10/2019).

Yakin Bukan Dirinya

Nagita Slavina hadir di peluncuran Billboard Indonesia Hot 100, Rabu (25/9/2019) di Jakarta (Bambang E Ross/Fimela.com)

Nagita Slavina sangat yakin bahwa itu bukan dirinya karena ia tidak pernah membuat video seperti itu. Selain itu, ada beberapa bagian wajah yang memang tidak mirip dengan dirinya.

"Aku begitu melihat, satu aku mah yakin banget kalau aku enggak pernah bikin video aneh-aneh. Terus kedua memang enggak mirip, jadi buat aku ya memang pikiran orang-orang yang pada iseng aja," kata Nagita Slavina.

Tidak Mirip

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)

"Terus habis itu di sini (di dekat bibir) enggak ada tahi lalatnya. Terus sama sekali enggak mirip," ucapnya.

Jangan Ganggu

Raffi Ahmad akui cuek jika dirinya yang menjadi korban. Namun, ia tidak akan tinggal diam jika istri dan anaknya yang diganggu oleh berita-berita tidak benar seperti ini.

"Sama halnya kemarin ada teman kita juga, Gisel yang mengalami hal serupa. Pokoknya hati-hati ya buat kalian semuanya. Saya ini Raffi Ahmad, kalau orang ganggu-ganggu saya, ya saya diam sajalah. Tapi beda halnya kalau mengganggu istri dan anak saya," jelas Raffi Ahmad.

Dukungan Gisella Anastasia

Mengetahui Nagita Slavina juga menjadi korban video syur seperti dirinya, Gisella Anastasia memberikan dukungan. Dirinya percaya bahwa Nagita Slavina bisa menyikapi kasus ini dengan tenang dan bijaksana.

"Ikut bersedih. Saya tahu sekali rasanya apalagi teman sendiri. Pasti support apapun lah secara mental, kita di sini. Dia pasti sudah tahu, langkah-langkahnya sudah tahu dia pasti," tutur Gisella Anastasia di Polda Metro Jaya, Rabu (30/10/2019).

(Maria Advensiani/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Jepang, Resesi Seks Mengancam Amerika Serikat

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bukan perang dagang, otomatisasi, atau kesenjangan keterampilan yang menjadi ancaman nyata ekonomi Amerika Serikat. Tapi resesi seks, atau sedikitnya orang Amerika yang berminat dengan hubungan seksual.

Selain Amerika, di garis depan dari resesi seks global adalah Jepang, yang memiliki salah satu tingkat kesuburan terendah di Bumi.

Laporan terjadinya resesi seks di Amerika adalah tanda dari masalah serius untuk sektor industri yang luas, dari real estat, pakaian jadi, hingga kondom. Mengapa tren resesi seks ini terjadi?

Menurut seorang analis politik dan ekonomi AS, Jake Novak, hal ini seperti pertanyaan "ayam atau telur": apakah Amerika menghadapi tantangan ekonomi karena orang Amerika yang lebih muda berhubungan seks lebih sedikit? Atau apakah orang Amerika yang lebih muda berhubungan seks lebih sedikit karena tantangan ekonomi mereka yang unik?

Laporan Biro Sensus 2018 akan menyarankan pertanyaan yang kedua. Mereka mencatat bahwa keamanan ekonomi adalah prioritas tinggi bagi milenium ketika mereka mencari pernikahan atau hubungan serius yang dilakukan.

"Berdasarkan data itu, masuk akal bahwa jutaan orang Amerika yang memasuki masa dewasa selama Resesi Hebat satu dekade yang lalu lebih cemas tentang pernikahan dan seks," ungkap Novak dalam tulisannya di CNBC, dikutip Senin (4/11/2019).

Era Depresi Hebat melihat angka kelahiran AS mencapai titik terendah sepanjang waktu pada 1936. Karena kontrol kelahiran jauh lebih sedikit tersedia pada saat itu, wajar saja untuk menganggap seks di Amerika turun tajam selama masa itu juga.

Tetapi ekonomi telah tumbuh dengan stabil selama lebih dari 10 tahun sekarang, yang meliputi sebagian besar kehidupan orang dewasa di bawah 30 tahun bagi orang-orang Amerika. Laporan tentang tingkat jenis kelamin yang lebih rendah meskipun pemulihan ekonomi secara keseluruhan telah menyebabkan berbagai penjelasan.

Beberapa ahli fokus pada fakta bahwa generasi Millenial sedang berhadapan dengan utang pinjaman yang terus meningkat, membuat realitas ekonomi mereka jauh lebih buruk daripada ketika generasi sebelumnya seusia mereka. Tetapi ternyata utang pinjaman siswa bukan sumber utang utama bagi orang Amerika berusia 23 hingga 38 tahun; itu adalah utang kartu kredit.

"Fakta itu menggeser kita untuk menunjukkan perbedaan dalam gaya hidup milenial, dan itu membawa kita kembali ke kebijaksanaan akal sehat tentang kehidupan, hubungan, dan seks," kata Novak.

 

Teknologi Jadi Sebab

Ilustrasi situs porno di India. (BBC)

Seks selalu menjadi bagian dari ritual pacaran manusia, tetapi ketersediaan kontrol kelahiran yang meluas di Amerika menjadikannya aspek kencan yang lebih teratur. Ya, ada banyak seks kasual "tanpa ikatan" yang tersedia di Tinder dan Grinder. Tetapi penurunan tingkat jenis kelamin dan tingkat pernikahan jelas terkait.

Lebih sedikit orang yang membuat koneksi dewasa hanya mengarah pada penurunan keduanya, dan Anda tidak perlu menjadi jenius ekonomi untuk mengetahui bahwa lebih sedikit pernikahan dan anak-anak melemahkan permintaan ekonomi secara keseluruhan.

Sejumlah penelitian baru-baru ini menyalahkan jatuhnya tingkat seks dan pernikahan pada teknologi dan peluang baru yang diberikannya kepada orang dewasa muda untuk menarik diri dari hubungan manusia secara langsung. Semuanya, mulai dari film porno online hingga video game canggih, hingga media sosial digunakan banyak orang sebagai pengganti kontak manusia yang nyata, terutama bagi pria.

Kecenderungan pria untuk mencari pengganti ini mungkin menjadi alasan tunggal terbesar mengapa tingkat seks dan pernikahan menurun. Sebuah studi baru Universitas Cornell menunjukkan bahwa wanita masih cenderung lebih tertarik dan ingin menikahi pria dengan prospek ekonomi yang lebih kuat.

Dengan kata lain, terlepas dari beberapa dekade langkah positif bagi wanita di tempat kerja dan di luarnya, wanita masih menemukan pria yang lebih kaya lebih menarik. Jadi pria masih harus bekerja lebih keras untuk menarik wanita.

"Tetapi sekarang mereka memiliki film porno, video game, dan teknologi lainnya untuk memberi mereka lebih mudah untuk mendapatkan pengganti untuk kepuasan itu. Menghindari tekanan untuk mendapatkan lebih banyak untuk mendapatkan lebih banyak kemungkinan juga di belakang ras miliaran dolar untuk menciptakan industri robot seks yang realistis," ujar Novak.

 

Tanggung Jawab Nasional

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tentu saja, ada positif ekonomi untuk tren ini ketika fokus pada remaja. Seks remaja dan kehamilan juga terus menurun, membawa kelegaan pada kehancuran ekonomi dan budaya yang sering mereka sebabkan. Kurang seks remaja adalah contoh dari meningkatnya tanggung jawab nasional.

Tetapi bagi pria berusia 20-an dan lebih, resesi seks tampaknya merupakan gejala dari keterlambatan masuk ke dunia kedewasaan yang bertanggung jawab penuh. Mengalahkan tren "gagal meluncurkan" bukan hanya tentang keluar dari rumah orangtua, tetapi juga tentang mengejar hubungan orang dewasa dan memulai keluarga sendiri.

Tidak ada yang mengatakan orang harus melakukan hubungan seksual jika mereka tidak memiliki hubungan nyata dengan orang lain. Tetapi menurunnya tingkat jenis kelamin adalah tanda penurunan yang sesuai dalam hubungan orang dewasa yang memicu penerimaan biaya kencan dengan biaya perangkap kehidupan keluarga domestik.

Resesi seks tampak seperti tanda yang bahkan lebih mengancam bahwa teknologi, terutama teknologi AI, secara serius melemahkan keinginan manusia purba untuk kawin dengan manusia lain dan melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk mewujudkannya. "Pekerjaan" itu telah menjadi komponen ekonomi penting sejak peradaban dimulai.

"Kami telah mendengar tentang ancaman yang ditimbulkan oleh teknologi terhadap penciptaan lapangan kerja, tetapi penurunan tingkat seks mungkin merupakan tanda yang paling jelas bahwa tantangan teknologi terhadap cinta modern mungkin merupakan ancaman ekonomi terbesar dari semuanya," Novak memungkasi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lagi, BTS Raih Penghargaan MTV EMA 2019

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BTS kembali meraih penghargaan di MTV EMA 2019 dalam kategori Best Live dan Biggest Fans. MTV EMA 2019 diselenggarakan di Seville, Spanyol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patah Kaki, Andre Gomes Dapat Dukungan Manajer Everton

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Everton, Marco Silva menegaskan timnya mendukung penuh proses penyembuhan Andre Gomes. Silva menuturkan, cedera Gomes memukul semua pemain Everton.

"Momen yang sulit bagi kami. Andre akan mendapat dukungan yang dibutuhkannya. Saya 100 persen yakin, dia akan kembali dengan lebih kuat sebagai pemain dan laki-laki," ujarnya seperti dilansir Liverpool Echo.

Seperti diketahui, Andre Gomes menderita cedera parah dalam pertandingan Everton vs Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (3/11/2019) WIB di Goodison Park.

Pemain berusia 26 tahun i tu langsung dilarikan ke rumah sakit usai menerima tekel dari striker Tottenham Hotspur, Son Heung-Min. Diketahui, Andre Gomes menderita patah kaki akibat tekel tersebut.

Son sendiri kemudian langsung mendapat kartu merah. Pemain Korea Selatan (Korsel) itu juga merasa terpukul dengan tekel yang dilancarkannya.

Pertandingan Everton vs Spurs berakhir dengan kedudukan 1-1. Spurs unggul lebih dahulu lewat gol Dele Alli (63'), sebelum Everton menyamakan kedudukan berkat gol Cenk Tosun (90').

 

Pemain Fantastis

Sejumlah pemain tampak histeris melihat gelandang Everton, Andre Gomes, cedera usai dilanggar oleh penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, pada laga Premier League di Goodison Park, Minggu (3/11). Tekel tersebut menyebabkan Gomes mengalami patah kaki. (AFP/Oli Scarff)

Marco Silva menuturkan, cedera Gomes membuat para pemain Everton terkejut dan sedih. Ia pun memuji para pemainnya yang berhasil bangkit usai melihat cedera horor tersebut.

"Dia (Gomes, red) pemain fantastis dan profesional. Para pemain kami sedih, tetapi spirit yang kami tunjukkan adalah jawaban yang bagus," ujarnya.

Everton sedang berjuang keluar dari papan bawah klasemen Liga Inggris. The Toffees -julukan Everton- baru meraup 11 poin dari 11 laga.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Pemerintah Kurangi Impor BBM

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan melakukan sejumlah upaya untuk mengurangi impor ‎Bahan Bakar Minyak (BBM). Pemangkasan impor ini guna memperbaiki neraca perdagangan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, upaya untuk menekan impor BBM di antaranya dengan menggenjot produksi minyak dalam negeri dari sumur yang sudah operasi. Dengan bertambahnya produksi ini maka bahan baku untuk memproduksi BBM sudah tersedia di dalam negeri.

"Sekarang ini produksi minyak sudah agak turun. Nah, kami upayakan untuk bisa ditingkatkan lagi yang eksisting," kata Arifin, di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Selain itu, Kementerian ESDM juga akan terus mengoptimalkan pencarian minyak dari sumur baru. "Sama untuk mempercepat pengusahaan wilayah kerja migas baru," ujarnya.

Menurut Arifin, peningkatan produksi minyak tersebut bakal dibarengi dengan pembangunan kilang di dalam negeri yang berfungsi mengolah ‎ minyak untuk memproduksi BBM.

"BBM harus punya kilang sendiri. Ya itulah, kita harus segera cari sumur baru, paralel nanti kilang minyak yang akan dibangun, akan bisa memanfaatkan bahan baku yang kita develop lagi," tuturnya.

 

Harus Diolah di Dalam

Tabung - tabung kilang VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat, (14/1). RU VI Balongan merupakan tumpuan produksi BBM jenis Pertamax Series milik PT. Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Arifin mengungkapkan, sumber minyak mentah yang ada di Indonesia harus diolah di dalam negeri dengan melakukan pembangunan dan peremajaan kilang. Sebab Indonesia akan mendapat manfaat jika kapasitas kilang dapat memenuhi kebutuhan.

Manfaat tersebut yaitu dapat meningkatkan ketahanan energi nasional karena tidak ketergantungan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dari luar negeri.

"Kalau kita enggak punya kilang ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi, kalau short of suplay mendadak kita terpaksa harus cari barang di pasar, harga mahal, kalau ada di sini kan stabil terus," tuturnya.

Dia melanjutkan,‎ dengan mengelola minyak mentah dengan kilang di dalam negeri, maka dapat memangkas biaya pengadaan BBM. Selain itu, juga akan menciptakan nilai tambah karena akan membuka peluang untuk industrik baru.

"Kemudian kalau kita beli terus dari orang lain, yang menikmati nilai tambah karen dia punya processing cost dan margin," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Ngeri, Wanita Jogging Disambar 'Mobil Terbang' Selebgram

Posted: 03 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Batam - Sebuah kecelakaan mengerikan tertangkap kamera CCTV. Rekaman itu kemudian beredar di media sosial. Kejadian itu dikabarkan terjadi di depan Hotel Zest, Kawasan Harbour Bay, Batu Ampar pada, Sabtu (2/11/2019).

Sebuah mobil warna hitam, jenis Nissan Juke RX 2013 menabrak seorang perempuan yang tengah olahraga jogging. Rekaman kamera itu diawali seorang perempuan yang tengah jogging santai. Tiba-tiba dari arah berlawanan muncul melaju kencang tak terkendali.Mobil itu terbang melompati median jalan. Wanita yang sedang jogging itupun langsung terhempas tak bergerak.

Sementara mobil warna hitam itu terus melaju dan baru berhenti setelah menabrak pohon di pinggir jalan sebelahnya. Mobil itu dan dua orang wanita keluar dari mobil tersebut.

Cukup lama wanita yang terlibat kecelakaan mengerikan itu diam tak bergerak. Tak ada yang berani menolong, termasuk dua penumpang mobil hitam itu yang turun dan hanya menutup mulutnya dengan kedua tangan.

Hingga akhirnya sebuah mobil putih berhenti, wanita yang tertabrak itu diangkat dan dimasukkan ke dalam mobil dan dibawa pergi.

Tak selang waktu lama, seorang selebgram Batam berinisial Lr mengunggah sebuah gambar mobil yang ringsek bagian depannya.

"Gws Blacky," tulis Lr.

Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Muchlis Nadjar saat dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut.

"Kasus itu sedang kami proses, sementara korbanya tidak apa-apa, dia selamat," kata Muchlis, Minggu (3/11/2019) siang.

Adapun identitas perempuan yang tertabrak juga belum diketahui, namun ia sudah dirawat di sebuah rumah sakit di Malaysia.

"Dirawat di Malaysia," kata Muchlis.

Dari foto yang beredar di media sosial, diketahui perempuan korban kecelakaan mengerikan itu kondisinya kritis dan tak sadarkan diri. Selang infus melintang di wajah wanita itu. Terlihat juga beberapa luka dan memar di pelipis mata sebelah kanan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: