Sabtu, 23 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sneakers Seharga Mobil MPV Dipamerkan di Event Airgasm

Posted: 23 Nov 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah event menarik bagu pecinta sneakers kembai digelar di Jakarta pada akhir pekan ini. Bertajuk "Airgasm", event ini merupakan ajang bagi para pecinta Nike Air Max.

Dilansir dari akun Instagram @airmaxindonesia, event ini digelar pada Sabtu, 23 November 2019 di UlyHouse Kitchen & Coffe di kawasan Jakarta Selatan.

Puluhan sneakers dipamerkan dalam event ini. Mulai dari sneakers rilisan umum sampai rilisan terbatas yang hanya dimiliki beberapa orang di seluruh dunia.

Salah satunya adalah Nike Air Max 1 Parra Patta "Albert Heijn". Dirilis pada 2005, sneaker ini hanya tersedia 24 pasang di seluruh dunia.

Kini harganya bisa setara mobil Mitsubishi Xpander atau mencapai Rp250 juta di forum jual beli Ebay. Hal itu memang sangat fantastis mengingat harga sepatu rilisan biasa hanya sejuta rupiah saja.

Tak hanya pameran, di event ini juga ada beberapa koleksi sneakers diperjual belikan oleh pemiliknya.

Antusiasme Luar Biasa

Sneakers di Airgasm. (Liputan6.com/Vidi)

"Event ini memang ditujukan bagi pecinta Air Max di Indonesia. Persiapannya cuma 6 bulan tapi kami tak menyangka antusiasmenya luar biasa," kata Andreas, selaku Ketua Panitia Airgasm pada Liputan6.com, Minggu (24/11/2019).

"Tentu kami berharap tahun depan acaranya bisa lebih besar lagi," lanjut Andreas.

Nike Air Max pertama kali dirilis pada 1987. Sneakers ini menjadi salah satu tipe terlaris dari sepatu produksi Amerika Serikat tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Tak Direstui, Ini 7 Potret Mesra Asmirandah dan Jonas Rivano

Posted: 23 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal sosok Asmirandah? Wanita kelahiran 5 Oktober ini sudah malang melintang di dunia hiburan sejak lama. Namanya semakin melejit ketika membintangi sinetron Inikah Rasanya dan Kawin Gantung.

Berkat bakat aktingnya tersebut, ia mulai kebanjiran tawaran untuk bermain di beberapa sinetron. Tak hanya sinetron, pemilik nama lengkap Asmirandah Zantman ini juga merambah ke dunia film layar lebar, meskipun jumlahnya tidak sebanyak sinetron.

Selama bermain sinetron, Asmirandah kerap menjadi peran utama dan beradu akting dengan Jonas Rivanno sampai akhirnya terlibat cinta lokasi. Kemudian keduanya melangsungkan pernikahan pada 17 Oktober 2013 secara tertutup. Belum lama setelah mengggelar akad nikah, tiba-tiba Asmirandah membatalkannya.

Pada 22 Desember 2013, Asmirandah dan Jonas diam-diam menikah di Singapura. Perjalanan cinta pasangan ini memang penuh liku, berbagai masalah menghadang keduanya. Perbedaan agama membuat rencana pernikahan keduanya sempat ditentang banyak pihak.

Namun di tengah kabar miring tersebut, Asmirandah dan Jonas terlihat makin mesra. Di tahun keenam, pernikahan keduanya terlihat semakin harmonis. Wanita yang akrab disapa Andah ini tampak bahagia dan sering membagikan momen mesra bersama sang suami. Berikut potret mesra Asmirandah dan Jonas Rivanno dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/11/2019).

1. Usia pernikah Asmirandah dan Jonas Rivanno sudah menginjak tahun keenam.

Asmirandah (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

2. Perbedaan agama membuat rencana pernikahan keduanya sempat ditentang banyak pihak.

Asmirandah (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

3. Namun Asmirandah memilih untuk pindah keyakinan mengikuti sang suami.

Asmirandah (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

4. Kini keduanya terlihat semakin romantis, bahkan mendaki gunung bersama.

Asmirandah (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

5. Tak hanya di sinetron, keduanya juga kerap terlibat dalam satu pemotretan.

Asmirandah (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

6. Asmirandah saat diberi kejutan ulang tahun ke-30 oleh sang suami, romantis banget.

Asmirandah (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

7. Pasangan suami istri ini kerap menghabiskan waktu dengan liburan bersama.

Asmirandah (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barito Putera Bertekad Curi Poin di Kandang Persib Bandung

Posted: 23 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bandung Pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman mengakui Persib Bandung adalah lawan yang berat untuk dihadapi saat ini. Namun, dia tetap optimistis Laskar Antasari bisa mencuri poin di kandang Maung Bandung.

Laga pekan ke-28 Shopee Liga 1 mempertemukan Barito Putera dengan Persib Bandung, Minggu (24/11/2019). Pertemuan kedua tim akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pukul 15.30 WIB dan disiarkan Indosiar.

Djanur, sapaan akrab Djadjang, telah membawa 20 pemain ke Bandung sejak beberapa hari ke belakang. Mereka memilih datang lebih cepat dari biasanya sebagai strategi untuk mengoptimalkan istirahat pemain.

"Kami datang ke Bandung sejak H-3, lebih dini datang supaya kami lebih siap menghadapi Persib," kata Djadjang dalam sesi jumpa pers, Sabtu (23/11/2019).

Berstatus sebagai tim tamu, Djanur sudah tahu tim yang dihadapinya sedang dalam tren positif. Persib meraih empat kemenangan beruntun.

"Ini menjadi pekerjaan berat, misi kami ingin meraih poin kalau bisa tiga ya saya juga tidak apa-apa. Karena kita juga sedang berjuang menghindari zona merah, bersaing dengan tim-tim lain," ujarnya.

Merendah

Shopee Liga 1 2019: Persib Bandung vs Barito Putera. (Bola.com/Dody Iryawan)

Barito Putera saat ini berada di peringkat 14 klasemen sementara dengan raihan 30 angka dari 27 laga yang dimainkan. Laskar Antasari hanya terpaut tiga angka dari penghuni zona merah Semen Padang di peringkat 16.

Menghadapi Persib, Djanur sedikit merendah. Ia melihat kekuatan Maung Bandung sedikit di atas Barito Putera.

Materi Mentereng

"Secara materi Persib lebih mentereng dengan pemain pemain bagus. Kemudian mereka tampil di kandang sendiri tentu dukungan Bobotoh luar biasa dan itu faktor yang kami hadapi dengan berat," jelasnya.

Simak video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iqbaal Ramadhan Antusias Syuting di New York City

Posted: 23 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Iqbaal Ramadhan kembali dengan film baru. Kali ini dia berperan sebagai remaja bernama Ali dalam film produksi Palari Films, Ali & Ratu-Ratu Queens.

Iqbaal Ramadhan mengaku sangat antusias bergabung dalam produksi film ini. Sebab, ini adalah filmnya yang pertama dengan alur cerita bukan dari novel.

"Ini bukan based dari novel. Saya excited sekali ya pertama ditawarin film ini, apalagi bekerja sama dengan Palari Film," ujar Iqbaal Ramadhan, di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019).

Ya, di mata Iqbaal Ramadhan, Palari Films adalah salah satu rumah produksi yang memiliki track record bagus. Itu juga salah satu alasan mantan personel CJR ini menerima tawaran.

 

Suka

(Muhammad Akrom Sukarya/Kapan Lagi)

Ditambah lagi, film Ali & Ratu-Ratu Queens juga menggaet film maker berkelas yang karya-karya yang sangat dikagumi Iqbaal Ramadhan. Film ini disutradarai oleh Lucky Kuswandi, sementara skenario ditulis Gina S Noer.

"Berkesempatan di-direct sama mas Lucky Kuswandi dan untuk filmnya Galih Ratna saya suka sekali, film romance, I love it," imbuh aktor yang ngetop lewat film Dilan 1990 tersebut.

 

Bikin Review

"Saya juga seneng banget mainin ceritanya Mbak Gina karena saya nonton Dua Garis Biru. Saya sempat bikin review, saya tulis sesuatu karena saya suka banget sama Dua Garis Biru, cara penulisan," ia melanjutkan.

 

Syuting di New York City

Satu hal lagi, Iqbaal Ramadhan juga antusias karena proses syuting dilakukan di New York City. Baginya, ini salah satu pengalaman berharga yang sayang bila dilewatkan.

 

Sinopsis

Ali & Ratu-Ratu Queens bercerita tentang Ali remaja berusia 17 tahun yang hendak mengejar ibunya ke New York, yang meninggalkannya sejak kecil. Sesampainya di Queens, New York, dia malah bertemu dengan empat ibu kocak.

Mereka adaldah Party yang diperankan Nirina Zubir, Biyah yang diperankan oleh Asri Welas, Ance yang dimainkan oleh Tika Panggabean serta Chinta yang dimainkan Happy Salma.

Film ini baru akan memulai proses syuting dan bakal tayang pada 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Lakers Susah Payah Jinakkan Grizzlies

Posted: 23 Nov 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Memphis- Los Angeles Lakers terus mendulang kemenangan di musim reguler NBA 2019-2020. Kali ini Lakers mempermalukan tuan rumah Memphis Grizzlies 109-108 di FedExForum pada Minggu (24/11/2019) siang WIB.

Ini menjadi kemenangan ke-14 Lakers di NBA 2019-2020. Lakers sejauh ini baru dua kali kalah.

Lakers terlambat panas di laga NBA kali ini. Pada kuarter pertama Lakers tampil buruk. Mereka tertinggal jauh 25-35.

Di kuarter dua permainan Lakers belum juga membaik. Grizzlies bahkan sempat unggul sampai 15 poin dengan dimotori dua pemain muda Ja Morant dan Jaren Jackson Jr.

Baru di penghujung kuarter dua Lakers sedikit membaik. Mereka bisa memangkas ketertinggalan menjadi delapan poin saja saat jeda babak pertama.

Lakers bangkit di kuarter tiga. Tim asuhan Frank Vogel berhasil unggul untuk pertama kalinya di laga ini. Lakers menutup kuarter tiga dengan unggul setengah bola saja.

Kuarter terakhir berlangsung makin seru. Kedua tim silih berganti memimpin. Kesalahan Kyle Kuzma di detik-detik akhir hampir membuat kemenangan Lakers buyar.

Beruntung bagi Lakers, defense ketat Dwight Howard dan kawan-kawan membuat Kyle Anderson gagal memberikan umpan yang baik kepada Jackson Jr ketika laga tersisa 1,3 detik. Lakers pun menang setengah bola.

LeBron James

LeBron James kembali jadi bintang kemenangan Lakers dengan sumbangsih 30 poin, termasuk layup penting saat laga tersisa satu menit 30 detik.

Anthony Davis menyusul dengan 22 poin. Rajon Rondo menghasilkan 14 angka untuk Lakers. Di kubu Grizzlies, Morant menghasilkan 26 poin. Jackson 20 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Ciri-Ciri Orang Berbohong Lewat SMS, Kenali Tandanya

Posted: 23 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri orang berbohong lewat sms atau pesan teks dapat dilihat dari beberapa sisi. Berkirim pesan seharusnya memudahkan seseorang untuk berbohong. Tidak ada yang bisa melihat bahasa tubuh, raut wajah, atau tindakan saat berbohong melalui pesan teks.

Kamu mungkin merasa kesulitan untuk mengetahui ciri-ciri orang berbohong lewat sms. Meskipun berkirim pesan dapat membuat seseorang lebih baik dalam beberapa hal, termasuk berbohong. Ciri-ciri orang berbohong lewat sms juga bisa dikenali. Kata-kata yang digunakan orang dan cara mereka mengungkapkannya juga bisa menunjukkan kapan mereka kurang jujur.

Kamu mungkin perlu medeteksi kebohongan teman, pacar, atau gebetan lewat pesan yang dikirimkannya. Beberapa frase umum dapat menunjukkan ciri-ciri orang berbohong lewat sms.

Tiap poin dalam ciri-ciri orang berbohong lewat sms tidak berarti setiap kali kamu mendapatkan salah satu dari ciri ini seseorang telah berbohong kepadamu. Tetapi ketika kamu menemukan banyak kecocokan dari ciri-ciri orang berbohong lewat sms ini, kamu perlu mewaspadainya.

Berikut ciri-ciri orang berbohong lewat sms yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/11/2019).

Ciri-Ciri Orang Berbohong Lewat SMS

Ilustrasi ponsel. Sumber foto: unsplash.com/Jacob Ufkes.

Menggunakan kata-kata yang menggantung

Seorang pembohong akan cenderung menggunakan kata-kata yang mengungkapkan probabilitas dan tidak percaya diri agar tidak berbicara yang sesungguhnya. Dia mungkin tidak ingin menyakitimu, tetapi dia juga tidak ingin melakukan apa yang kamu minta.

Misalnya, seseorang akan menggunakan kata-kata seperti "mungkin," "coba," dan "lihat saja nanti".

Mengulang kembali informasi

Meyakinkan kembali bisa menjadi ciri-ciri orang berbohong lewat sms. Seseorang akan mengulangi kebohongan berulang-ulang sampai kamu mempercayainya. Dia akan mengulang informasi yang dia sendiri tahu kamu sudah mengetahuinya.

Ciri-Ciri Orang Berbohong Lewat SMS

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Mengindari frase orang pertama

Scienceofpeople mengungkapkan bahwa ketika seseorang jujur, mereka akan merujuk diri mereka sebagai orang pertama dan secara halus menyatakan kepemilikan sebuah pernyataan. Pembohong sering menghilangkan diri dari cerita dengan merujuk diri mereka lebih sedikit ketika membuat pernyataan yang menipu.

Mereka akan menghindari penggunaan kata ganti seperti "Aku," "milikku" dan "diriku." Orang yang berbohong cenderung mengatakan pernyataan yang tidak mewakili sikap atau pengalaman mereka yang sebenarnya.

Mengatakan yang tidak penting dan menghindari yang penting

Pembohong sangat ingin meyakinkanmu bahwa mereka mengatakan yang sebenarnya dan akan mencoba menambahkan detail untuk membuat cerita mereka lebih bisa dipercaya. Jika seseorang berbohong, mereka cenderung memberikan informasi tidak penting tanpa diminta.

Jika kamu cermat kamu akan memperhatikan bahwa ada sesuatu yang hilang. Kamu bisa mengajukan pertanyaan tentang detail tidak penting itu untuk melihat apakah steatmentnya masih sama.

Ciri-Ciri Orang Berbohong Lewat SMS

ilustrasi mengecek handphone/Photo by Porapak Apichodilok from Pexels

Lama membalas pesan

Sebuah studi dari Universitas Brigham Young mengungkapkan bahwa mungkin sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk menemukan ketidakjujuran melalui teks, atau segala jenis pesan digital. Sama seperti dengan tatap muka, sering kali ada jeda tepat sebelum kepalsuan disampaikan.

Tapi, Tom Meservy, seorang peneliti yang bekerja pada penelitian ini, mengatakan hasil ini tidak berarti bahwa setiap kali seseorang tidak langsung membalas merupakan pembohong.

Mengalihkan pembicaraan

Saat orang berusaha jawaban sebenarnya dari pertanyaanmu, sebelum otak mereka membocorkan kebenaran, mereka biasanya akan mengajukan pertanyaan dalam pertanyaan untuk membicarakan sesuatu yang tidak berhubungan. Dia mungkin akan berkali-kali membelokkan pertanyaan-pertanyaan sulit dengan pertanyaan lain atau dengan mengubah topik pembicaraan sepenuhnya.

Penyembunyian adalah jenis kebohongan. Cara ini lebih mudah untuk melewatkan jawaban saat mengirim pesan. Dalam kasus lain, seseorang mungkin hanya mengubah topik dan kembali ke percakapan sebelumnya, berharap tidak ada yang memperhatikan tidak adanya jawaban langsung.

Ciri-Ciri Orang Berbohong Lewat SMS

Ilustrasi sms (iStock)

Terlalu menekankan kepercayaan

Para pembohong sering terlalu menekankan kebenaran dengan menambahkan kata-kata atau frasa pada pernyataan yang dimaksudkan untuk membuatnya terdengar lebih meyakinkan. Namun, efek yang sebenarnya bisa sebaliknya.

Dengan menambahkan frasa yang menekankan bahwa mereka mengatakan yang sebenarnya, ia kehilangan kredibilitas dan melemahkan argumen. Frasa ini seperti "Sejujurnya", "Percayalah padaku", atau "Faktanya adalah".

Menghindari jawaban langsung

Orang mungkin juga berusaha menghindari kebenaran dengan menyiratkan jawaban, daripada memberikan bantahan langsung. Misalnya, ketika dihadapkan pada sesuatu, mereka mungkin menjawab dengan pernyataan "Masa sih aku begitu" atau "Aku enggak akan seperti itu".

Indikasi penipuan lainnya adalah menggunakan kata-kata yang tidak perlu dalam sebuah pernyataan yang membuat maknanya kurang jelas. Misalnya, pernyataan yang seharusnya "Aku tidak melihatnya" mungkin dikatakan sebagai "Aku tidak benar-benar melihatnya."

Menyalahkan lawan bicara

Seseorang yang berbohong akan dengan cepat beralih ke mode pertahanan ketika ditanyai. Beberapa pembohong melakukannya untuk membuat kita merasa bersalah dan berhenti mengajukan pertanyaan yang tidak mereka sukai. Mereka mungkin mengatakan hal-hal seperti, "Kamu meragukan aku?" atau "Kenapa kamu berpikir seperti itu padaku?".

Orang yang jujur cenderung hanya berasumsi mereka akan dipercaya dan biasanya tidak tersinggung jika ditanyai pertanyaan lanjutan atau untuk bukti tambahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Upah Murah, Magnet Jateng di Mata Investor Adalah Etos Pekerja Tinggi

Posted: 23 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain ketersediaan tenaga kerja dan upah yang relatif murah, tingginya etos kerja warga berhasil menarik investor untuk berbondong-bondong masuk ke Jawa Tengah. Hingga saat ini total investasi yang masuk pada periode 2015 hingga triwulan II 2019, baik PMA dan PMDNmencapai Rp 211,19 triliun.

Philip D Kaligis dari PT Anugrah Cipta Mould mengatakan, magnet bagi investor untuk masuk ke Jawa Tengah saat ini adalah kinerja warganya. Beberapa pabrik yang dia buka di Jawa Barat maupun Banten telah banyak menampung pekerja dari Jawa Tengah. Setelah mengamati, mereka menilai pekerja-pekerja dari Jawa Tengah rata-rata etosnya lebih tinggi dan mudah diajak berkomunikasi.

"Jadi kami pikir akan lebih baik buka di Jawa Tengah. Apalagi di Jawa Tengah keterserapan tenaga kerja masih cukup memadai. Karena industri kami lainnya di tempat lain tenaga kerjanya kebanyakan dari Jawa Tengah," katanya, Jumat (22/11).

Maka pada tahun 2017 silam perusahaannya membuka pabrik baru di Jepara. Bahkan setelah membuka pabrik di Jepara, pihaknya tengah siap-siap membuka pabrik di Kabupaten Pati dengan total investasi mencapai Rp 2 triliun, selain tetap mengembangkan pabrik yang ada di Jepara. Yang paling membuatnya terkesan dengan Jawa Tengah adalah kondusifitas wilayah dan pekerjanya.

"Jawa Tengah sangat kondusif. Kami sudah membuka usaha pabrik komponen sepatu di Jepara. Sudah dua tahun dan akan mengembangkan di Pati, selain mengembangkan yang di Jepara industri pengerjaan logam percetakan sepatu dii Pancur Mayong Jepara," katanya.

Selain kinerjanya, ketersediaan sumberdaya manusia dan upah di Jawa Tengah juga sangat kompetitif. Bahkan PT Parkland World Indonesia langsung mengucurkan Rp 2,1 triliun ke Jawa Tengah pada 2015 silam. Absori, Bagian Umum perusahaan tersebut mengatakan saat ini perusahaannya telah mempekerjakan 15 ribu warga Jateng. Dan bakal menambah investasi sebesar USD 50 juta.

 

 

Pekerja-pekerja dari Jawa Tengah rata-rata etos kerjanya lebih tinggi dan mudah diajak berkomunikasi.

"Saat ini untuk investasi yang paling menarik adalah Jawa Tengah. Sumberdaya manusianya memadai. Upahnya juga kompetitif. Karena di Jabodetabek sudah sangat tinggi," katanya.

Bahkan saat ini banyak rekanannya yang mengutarakan ketertarikannya untuk turut berinvestasi di Jawa Tengah. Karena kabar kondusivitas Jateng yang telah tersebar, dia berharap hal seperti itu akan bertahan lama agar tidak mengecewakan para pengusaha atau investor.

"Secara otomatis, kalau kita tertarik (berinvestasi di suatu daerah) pasti mengundang investor lain. Kami selalu ada komunikasi terutama di BKPM, pasti mengabarkan kepada kawan-kawan bahwa di sana (Jateng) menarik. Harapannya investasi semakin menyenangkan di Jateng," tandasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kegiatan Ekspor Raya Hasil Perikanan Tahun 2019 di Semarang, Jumat (22/11).

Saat ini total investasi yang masuk pada periode 2015 hingga triwulan II 2019, baik PMA dan PMDN mencapai Rp 211,19 triliun. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjelaskan total investasi tersebut terdiri dari investasi PMA sebesar Rp 110,85 triliun dengan 4.964 proyek yang menyerap 335.735 tenaga kerja, dan PMDN sebesar Rp 100,34 triliun dengan 7.121 proyek yang menyerap 221.071 tenaga kerja.

Secara garis besar, saat ini Jawa Tengah sedang menikmati bonus demografi. Bonus demografi merupakan situasi di mana ketersediaan usia produktif suatu daerah lebih tinggi kuantitasnya. Dan saat ini jumlah usia produktif atau tenaga kerja di Jawa Tengah separuh lebih dari total penduduknya.

Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Kependudukan Jateng Susi Handayani mengatakan jumlah usia kerja di Jawa Tengah saat ini mencapai kerja 18 059 895. Dari jumlah tersebut yang sudah bekerja sebanyak 17 245 548.

"Artinya secara sumberdaya ketenagakerjaan kita masih mencukupi untuk masuknya investor baru. Karena masih tersedia tenaga kerja sekitar 814 347," kata Susi.

Selain ketersediaan tenaga kerja, kondusivitas yang tinggi selama ini jadi ciri utama keberlangsungan dunia usaha di Jawa Tengah. Susi menjelaskan, bahkan ketika menjelang penetapan UMK, dunia kerja di Jawa Tengah tetap stabil. Selain itu, upah tenaga kerja di Jawa Tengah juga sangat kompetitif.

Sebagaimana yang telah diumumkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, upah kerja di Jawa Tengah rata-rata sebesar Rp 1,9 juta, jelas itu membuat daya tarik untuk investor, dibanding Jabar, Jatim, Banten apalagi DKI Jakarta.

"Situasi seperti ini yang terus kami jaga. Jadi relasi antara pemerintah, pengusaha dengan buruh benar-benar kami jaga," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MPR: Jabatan Presiden Jadi Tiga Periode Wacana dari Luar

Posted: 23 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR Arsul Sani menyampaikan, wacana perubahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode datang dari pihak luar, bukan internal MPR. Menurutnya, MPR sama sekali belum pernah membahas hal tersebut.

"Tiba-tiba sudah ada yang bicara tentang perubahan masa jabatan presiden. Jadi itu dari (pihak) luar," kata Arsul saat diskusi dengan tema 'Menyoal Periode Ideal Jabatan Presiden' di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (24/11/2019).

Arsul kemudian menyinggung adanya pernyataan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono yang mengusulkan masa jabatan presiden menjadi satu periode dalam waktu delapan tahun.

"Saya kira Pak Hendro via media saja. Tapi sejauh ini tidak ada komunikasi Pak Hendro dengan kami di MPR," sebut Arsul.

Arsul menyebut, sejauh ini sejumlah fraksi di MPR masih mendukung presiden dijabat lima tahun dan bisa dipilih maksimal dua periode. Sementara, memang ada masukan lain seperti dari PSI yang mempertimbangkan perubahan dari satu periode menuju 7 hingga 8 tahun.

Termasuk wacana yang datang dari luar terkait masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

"Ya enggak salah (untuk dikaji). Itu lah wujud dari the living constitution," jelas Arsul.

MPR sendiri kini sedang menata kewenangan, juga kewenangan DPD, sistem presidensial, dan kekuasaan kehakiman. Menurut Arsul, lima hal tersebut berpotensi dirubah dalam amandemen terhadap UUD.

"Keperluan memasukkan kembali yang namanya haluan negara atau GBHN, atau apapun istilahnya, ke dalam UUD 1945," ungkanya.

Lebih lanjut, selama dua tahun pertama, MPR akan membahas aspirasi publik. Salah satunya terkait penataan sistem presidensial yang ramai diperbincangkan.

"Sebuah fakta ini kan menggelundung, ada diskursus, ada yang mengatakan itu nggak perlu disentuh, nggak perlu diubah," ungkap Arsul.

Usulan Partai Nasdem

Suasana Sidang Paripurna MPR Akhir Masa Jabatan Periode 2014-2019 di Gedung Nusantara, Kompleks MPR DPR RI Senayan, Jakarta, Jumat (29/7/2019). Sidang paripurna MPR ini dipimpin Ketua MPR Zulkifli Hasan didampingi para wakil ketua. (Liputan6.com/HO/Sopi)

 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani menolak menjawab mengenai usulan penambahan masa jabatan presiden dan wakil presiden menjadi tiga periode dalam amandemen terbatas UUD 1945.

Arsul meminta, semua pihak untuk menanyakan langsung pada partai yang mengusulkan wacana tersebut, yakni Partai NasDem.

"Tentu ini harus ditanyakan kepada yang melayangkan ini, kan bukan saya yang melayangkan. Ini ada yang menyampaikan seperti ini, kalau tidak salah mulai dari anggota DPR dari Fraksi NasDem tentu kita harus tanyakan kepada yang melayangkan secara jelas apa," kata Arsul di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 22 November 2019.

Wakil Ketua MPR ini menilai, terlalu cepat untuk membicarakan soal penambahan masa jabatan presiden dan wakil presiden. Sebab, saat ini MPR masih terus melakukan audiensi amandemen UUD 1945 keapda masyarakat.

"Di dalam jadwal MPR sendiri di tahun 2020 bahkan 2021 menampung berbagai aspirasi masyarakat yang terkait khususnya dengan rekomendasi dari MPR periode lalu. Mari Kita lihat nanti di ruang publik seperti apa, apakah katakanlah ini mendapatkan dukungan dari mayoritas rakyat atau tidak," ungkapnya.

Kendati demikian, Arsul menilai, usulan penambahan masa jabatan presiden itu baru sebatas wacana. Maka dari itu ada baiknya disikapi dengan santai.

"Tetapi sekali lagi ini baru wacana pasti ada yang kontra disamping juga ada yang pro maka kita sikapi biasa saja tidak usah kemudian ini menimbulkan segregasi baru di masyarakat kita," ucapnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Truk Mundur Tabrak Mobil dan Motor yang Terekam Kamera

Posted: 23 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan yang melibatkan truk, mobil dan motor terekam kamera. Seperti dilansir akun Instagram @fakta.indo, terlihat truk tiba-tiba tak mampu melanjutkan perjalanan dan berjalan mundur.

Mobil yang berada di belakangnya sontak mencoba menghindari kecelakaan dengan memundurkan kendaraan. Namun, hal tersebut sia-sia karena sebuah motor yang juga mencoba menghindar tertabrak mobil yang mundur, meski sang pengendara berhasil lolos dari kecelakaan.

Tak bisa menghidar, truk yang mundur beberapa meter tersebut akhirnya menabrak kedua kendaraan sebelum berhenti.

Akibat kecelakaan tersebut, mobil berkelir merah dan motor mengalami kerusakan parah. Tak ada keterangan resmi terkait korban jiwa dan luka karena insiden tersebut.

Kecelakaan ini diimbau mampu menjadi pelajaran bagi pengendara untuk selalu menjaga jarak aman apabila terdapat kendaraan besar di depan. Selalu waspada karena truk memiliki potensi kegagalan menanjak sehingga tak dapat dikendalikan.

Komentar Warganet

"Kasian mas2 yg pake motor, motornya kelindes mobil, namanya juga panik g bisa berpikir cepat ," tulis akun @mommy_nadya_azka.

"Kacau waktu sbelum berangkat ga dicheck kelayakan dlu kayanya. Apalg dgn muatan yg bgtu berat," tulis @adietiabach.

"fiks yg naik motor mau ganti yg baru,terlihat dari gayanya," tulis @silitonga09.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demo Kolombia Berlanjut, Tentara Dikerahkan ke Jalan-Jalan Utama Kota

Posted: 23 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Bogota - Presiden Kolombia Iván Duque, pada Sabtu 23 November 2019 waktu lokal, mengatakan, pasukan keamanan akan dikerahkan dan bertahan di jalan-jalan untuk menjaga ketertiban, ketika protes nasional berlanjut untuk hari ketiga.

Demonstrasi anti-pemerintah meletus sejak Kamis, ketika lebih dari 250.000 orang melakukan aksi mogok nasional.

Demonstran memulai aksi dengan damai, tetapi, bentrokan dengan polisi telah pecah, dan ada laporan perusakan dan penjarahan.

Menyikapi, Presiden Duque mengatakan pasukan akan melakukan patroli bersama dengan polisi demi mencegah kejadian berulang, demikian seperti dilansir BBC, Minggu (24/11/2019).

"Kami menyatakan penolakan total dan absolut dari semua warga Kolombia atas vandalisme, terorisme, dan penjarahan," kata Duque.

Setidaknya tiga orang telah tewas sejak protes menentang korupsi dan langkah penghematan dimulai.

Jam malam diberlakukan di Ibu Kota Bogota pada Jumat, tetapi tidak menghalangi pengunjuk rasa kembali ke jalan-jalan sehari kemudian.

Ketika protes dilanjutkan pada hari Sabtu, polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan ratusan orang yang telah berkumpul di dekat Taman Nasional Bogota, menurut sejumlah laporan.

Demonstran juga berkumpul di luar kongres di Bolivar Plaza, dekat istana presiden Kolombia.

Secara terpisah, Jumat malam, tiga petugas polisi tewas dalam serangan bom di barat daya negara itu.

Tidak jelas apakah insiden itu terkait dengan protes Kolombia. Namun, daerah itu terkenal karena perdagangan narkoba dan kekerasan geng.

Penyebab Protes di Kolombia

Presiden Kolombia baru terpilih, Iván Duque. (AFP)

Rakyat Kolombia turun ke jalan karena kemungkinan perubahan upah minimum, pensiun dan reformasi pajak, dan privatisasi perusahaan-perusahaan negara. Pemerintah menegaskan tidak ada rencana perubahan upah pensiun atau reformasi tenaga kerja dan bahwa perubahan apa pun akan terjadi setelah berkonsultasi dengan kelompok-kelompok buruh.

Para pengunjuk rasa juga marah tentang dugaan korupsi dan apa yang dilihat beberapa orang sebagai kegagalan pemerintah untuk menghormati perjanjian damai 2016 dengan pemberontak Farc sayap kiri di tengah meningkatnya kekerasan.

Pemogokan umum pada hari Kamis diserukan oleh serikat pekerja dan kelompok mahasiswa, dan lebih banyak protes diadakan pada hari Jumat, dengan polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa

Presiden Duque mengatakan dia telah mendengar orang Kolombia dan berjanji untuk memperdalam "dialog sosial".

Kerusuhan di Kolombia bertepatan dengan gelombang demonstrasi anti-pemerintah di tempat lain di Amerika Latin.

Para pengunjuk rasa telah turun ke jalan-jalan di beberapa negara Amerika Latin dalam beberapa bulan terakhir, termasuk di Chile, di mana Presiden konservatif Sebastian Pinera bergulat dengan krisis terbesar negara itu sejak kembali ke demokrasi pada tahun 1990.

Di Bolivia, klaim kecurangan pemilu menyebabkan pengunduran diri Presiden Evo Morales di tengah-tengah protes nasional. Demonstrasi juga terjadi di Ekuador dan Nikaragua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Salurkan Bantuan Pertanian Rp 270 Miliar ke Tulungagung

Posted: 23 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Tulungagung Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 31 unit untuk Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Bantuan tersebut berupa Traktor Roda Empat 6 unit, Traktor Roda Dua 15 unit, dan Pompa Air 10 unit.

"Sepanjang tahun 2019, Kementerian Pertanian telah memberikan bantuan pembiayaan pertanian, asuransi, benih unggul, Alsintan dan pupuk bersubsidi di Kabupaten Tulungagung lebih kurang sebesar Rp 270 miliar," kata Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy, saat acara Penanaman Serentak Jagung Hibrida di Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung, Sabtu (23/11).

Dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian sendiri bantuan senilai Rp264 miliar. Untuk Alsintan, rincian bantuan antara lain Traktor Roda Empat senilai Rp 61 miliar, Traktor Roda Dua senilai Rp 15 miliar, Pompa Air seniali Rp 10 miliar.

"Untuk bantuan pembiayaan berupa penyerahan klaim AUTP sebesar 464 juta, penyerahan polis AUTP seluas 1,332 ha senilai Rp 239 juta, dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 89 miliar," papar Sarwo Edhy.

Sementara, untuk bantuan pupuk, Ditjen PSP sudah membuka Blokir Pupuk Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung senilai Rp9,98 miliar. Bantuan pupuk bersubsidi (selain Kecamatan Tanggunggunung) senilai Rp 162 miliar.

"Selain itu juga ada Penyerahan Kartu Tani secara simbolis. Sudah ada 40,415 kartu yang sudah terdistribusi ke Kabupaten Tulungagung," sebut Sarwo Edhy.

Di kesempatan yang sama, juga ada bantuan dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. Bantuan berupa Benih Jagung Varietas Betras 700 ha atau 10,500 kg senilai Rp 381 juta, Benih Jagung dan Varietas Pae 150 ha atau 2,250 kg senilai Rp 91 juta. Kemudian Benih Tumpangsari Padi – Jagung 800 ha yang meliputi Padi 40,000 kg senilai Rp 392 juta dan Jagung 12,000 kg senilai Rp 510 juta, serta Power Tresher 2 unit senilai Rp 46 juta.

Dari Direktorat Jenderal Perkebunan ada bantuan Bibit Kopi Arabica 25,000 batang senilai Rp 162 juta dan Alat dan Mesin Perkebunan 1 set. Sementara dari Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan terdapat bantuan Straw Semen atau Sperma 79,900 senilai Rp 4,8 miliar.

"Dengan bantuan ini, semoga dapat membantu dan meringankan beban petani di Kabupaten Tulungagung sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petaninya," pungkas Sarwo Edhy.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Pendiam, Deretan Zodiak Ini Malah Punya Gairah Seks Paling Tinggi

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki kepribadian yang berbeda, termasuk soal gairah seksual di atas ranjang. Meski dengan penampilan kalem dan pendiam, ternyata tak menjamin orang tersebut tidak akan liar di ranjang.

Profesional astrologer Rachel Lang mengungkapkan bahwa sekian zodiak yang tampak diam di luar, ternyata menyimpan gairah liar di ranjang.

Melansir dari Bustle.com, Minggu (24/11/2019), berikut beberapa zodiak yang dikenal liar di ranjang meski memiliki penampilan luar yang pendiam.

Aries 

Pemilik zodiak ini dikenal individu pendiam. Meski begitu, ia terkadang bisa menjadi sosok yang berbeda dengan menanggapi sebuah masalah secara dewasa dan serius.

Sosoknya memang tidak terlihat memikirkan seks. Namun ternyata, ia punya gairah meluap-luap ketika berada di ranjang bersama pasangannya.

 

Scorpio

Scorpio dikenal sebagai sosok romantis yang dari luar memang tidak terlihat menggebu-gebu secara seksual. Namun, jangan heran jika diam-diam ia menyimpan gairah yang tak terduga di atas ranjang.

Ia membawa sisi romantis dari luar ke atas ranjang juga. Semua ini dilakukan pemilik zodiak ini karena merasa kepuasan pasangan adalah prioritasnya.

Libra

Pemilik zodiak ini memang dikenal senang memperlihatkan kemesraan di depan umum ketika bersama pasangan. Keterbukaan tersebut yang membuat Libra liar atau memiliki dorongan seksual tinggi ketika di ranjang.

Jadi, kamu jangan tertipu dengan tampilan seseorang dari luar ya.

Reporter:

Febi Anindyakirana

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Oknum Dokter Terkait Kasus Pencabulan di Mojokerto

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Polres Mojokerto menangkap seorang oknum dokter berinisial AND (66) yang diduga telah mencabuli siswi SMP berinisial PL di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

"Kasusnya ditangani unit PPA dan perkara tersebut sudah naik ke penyidikan," tutur Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyatno kepada Liputan6.com melalui pesan singkat, Sabtu, 23 November 2019.

Setyo menyampaikan, laporan tersebut berdasarkan nomor LP/B/233/XI/2019/SPKT pada 18 November 2019, mengenai kasus pencabulan dan terhadap anak. Pasal yang disangkakan adalah 81 ayat 2 UU RI no nomor 35 tahun 2014 dan pasal 82 ayat 1 UU RI nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

"Saat ini masih dalam pemeriksaan saksi - saksi," ujar Kapolres Mojokerto AKBP Setyo.

Korban berumur 15 tahun, diantar oleh ibu kandungnya, melaporkan adanya perbuatan terlapor. Hasil pengakuan korban kepada polisi  perbuatan bejat itu dilakukan AND di ruang praktik sang dokter pada Senin, 26 Agustus 2019.

Awalnya, korban dikenalkan kepada AND oleh temannya. Wanita yang mengenalkan itu berinisial AN (30) warga Desa Sumbertebu, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto.

Setelah dikenalkan, korban diajak temannya itu ke tempat praktik terlapor dan diajak masuk. Setelah aksi oknum dokter AND memberikan uang kepada korban sebesar Rp 1,5 juta.

Ternyata, uang sebesar itu tidak untuk korban sendirian, melainkan juga dibagikan kepada AN sebesar Rp 500 ribu. Sehingga, korban hanya mendapatkan  Rp 1 juta.

Kasus ini terbongkar setelah orangtua korban curiga dengan tingkah laku anaknya dan bertanya kepada korban yang mengaku sudah disetubuhi. Kemudian orangtua korban melapor ke Polres Mojokerto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Peristiwa Bunuh Diri Beruntun Bikin Geger Kebumen

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Kebumen - Warga Krandegan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah geger. Seorang warganya, HW (31 th) ditemukan tewas bunuh diri di dalam kamarnya, Jumat, 15 November 2019.

Semula, pada Rabu,13 November 2019, keluarga hendak membawa HW berobat ke Sawangan, Alian untuk berobat lantaran diduga depresinya kambuh. Tetapi, HW tak mau.

Penuturan keluarga, HW memang pernah menderita gangguan jiwa dan sempat dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Magelang pada 2017. Usai dinyatakan sembuh, HW kembali ke keluarga dan bisa hidup normal.

"Karena kambuh, rencananya hari Rabu kemarin akan dibawa ke Alian untuk berobat," ucap Kapolsek Puring, Iptu Suwarto, melalui keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu malam, 23 November 2019.

Usai itu, sepanjang hari, keluarga begitu memperhatikan HW. Mereka khawatir, HW berbuat nekat, misalnya, bunuh diri.

Yang dikhawatirkan akhirnya benar-benar terjadi. Pada Jumat, 15 November 2019, ayah pelaku bunuh diri ini mencari pisau pengupas. Tetapi, yang dicarinya raib.

Pikiran buruk segera melayang kepada korban yang sejak pukul 14.00 WIB masuk ke dalam kamar dan tidak keluar. Curiga sekaligus khawatir, bersama adik korban, sang ayah mendobrak pintu kamar.

Dan kekhawatiran mereka terbukti, HW ditemukan meninggal dunia, bunuh diri dengan luka di leher akibat sayatan pisau.

Pemuda Gantung Diri di Pohon

Warga Desa Kedungsari, Klirong, Kebumen ditemukan meninggal dunia bunuh diri. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Keluarga lantas melaporkan peristiwa bunuh diri ini ke Polsek Puring. Hasil olah TKP oleh Tim Inafis Polres Kebumen dan Tim Kesehatan menyatakan bahwa HW meninggal dunia akibat bunuh diri.

Tak berselang lama, kasus bunuh diri kembali terjadi di Kebumen. Usai bunuh diri di Krandegan, Puring, kasus bunuh diri kembali terjadi di Desa Kedungsari, Klirong, Kebumen, Rabu (20/11/2019) atau tak sampai sepekan dari peristiwa pertama.

Pelaku bunuh diri masih muda usia. Namanya Yuswanto (30 th), penduduk Dukuh Singkil RT 04/01 Desa Kedungsari, Kecamatan Klirong, Kebumen. Tak jelas motif Yuswanto nekat gantung diri.

"Malam sebelum kejadian, Almarhum Yuswanto cuma berkata kepada keluarganya, kalau pukul sembilan malam dia belum pulang, dia berada disekitar rumah," kata Kapolsek Klirong AKP Diyono.

Tim Inafis dan petugas kesehatan tak menemukan tanda tanda-tanda penganiayaan di tubuh korban. Dipastikan Yuswanto meninggal dunia karena bunuh diri.

Kepala Sub Bagian Humas Iptu Tugiman sangat prihatin dengan maraknya bunuh diri di Kebumen. Dia berpesan warga Kebumen untuk lebih peduli dan memperhatikan keluarga dan lingkungan.

Menurut dia, banyak hal yang menjadi pemicu munculnya niat orang untuk mengakhiri hidup. Sakit menahun yang tak kunjung sembuh misalnya.

"Berikan bimbingan rohani kepada orang yang mulai menunjukan tanda tanda putus asa, kalau kita merasa tidak mampu ya bisa minta bantuan tetangga atau orang yang berpengaruh dan memiliki ilmu agama yang cukup," Tugiman mengimbau.

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Galaxy S10 Lite Beredar Jelang Peluncuran Desember 2019

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan akan menghadirkan anggota baru keluarga Galaxy S10 sebelum peluncuran S11 pada tahun depan. Anggota baru tersebut diperkirakan bernama Galaxy S10 Lite.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (23/11/2019), dokumen Federal Communications Commission (FCC) yang memuat informasi spesifikasi Galaxy S10 Lite beredar di ranah internet. Berdasarkan dokumen tersebut, Galaxy S10 Lite memiliki kecepatan pengisian daya baterai 45 watt.

Smartphone tersebut juga akan memiliki slot kartu microSD dan nomor model SM-G770F. Selain itu, Galaxy S10 Lite hadir dengan diagonal layar 170mm atau sekira 6,7 inci.

Sebelumnya, Galaxy S10 Lite dilaporkan akan hadir dengan prosesor Snapdragon 855, RAM 8GB, memori internal 128GB, dan baterai 4.400mAH.

Spesifikasi lainnya termasuk tiga kamera belakang dengan resolusi 48MP, 12MP, dan 5MP. Sementara kamera depan hanya memiliki satu modul lensa dengan resolusi 32MP.

Samsung dilaporkan akan merilis Galaxy S10 Lite pada Desember 2019.

Galaxy S11 Punya Kamera 108MP dan Dukung Perekaman Video 8K

Tampilan belakang Samsung Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty

Lebih lanjut, Samsung saat ini diyakini sedang menyiapkan flagship baru, Galaxy S11, untuk dirilis pada awal tahun depan. Bocoran tentang smartphone tersebut sudah banyak beredar di ranah internet.

Salah satu informasi yang banyak beredar tentang kameranya. Berdasarkan informasi baru dari XDA Developers, salah satu kemampuan Galaxy S11 adalah merekam video 8K di 30 fps. Ini merupakan lompatan signifikan dari video 4K yang ada pada Galaxy S10 dan Note 10.

Standar perekaman baru itu didukung Exynos 990. Varian lain Galaxy S11 juga akan disokong prosesor Snapdragon 865 untuk pasar Amerika Serikat (AS).

Sejauh ini belum ditemukan informasi spesifik soal kamera Galaxy S11. Namun menurut laporan, smartphone tersebut akan memiliki kamera utama dengan resolusi 108MP.

Perusahaan asal Negeri Ginseng itu disebut sedang menyiapkan sejumlah fitur kamera baru untuk meningkatkan pengalaman pengambilan gambar. Salah satunya mode baru bernama "Single Take Photo", yang memungkinkan pengguna untuk menangkap adegan dalam serangkaian gambar dan video singkat.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Persib Vs Barito, Duel Lanjutan Shopee Liga 1 2019

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persib akan menjalani laga Shopee Liga 1 2019 sore ini di Stadion Si Jalak Harupat. Maung Bandung akan menjamu Barito Putera.

Persib saat ini berada di posisi ketujuh klasemen Shopee Liga 1 2019. Maung Bandung mengoleksi 40 poin dari 27 laga.

Sementara Barito masih tertahan di posisi ke-14. Mereka mengoleksi 30 poin dari 27 laga.

Kemenangan sangat penting bagi kedua tim untuk memperbaiki posisi di papan klasemen Shopee Liga 1. Terlebih bagi Barito yang posisinya masih rawan di papan bawah.

Berikut jadwal siaran langsung Persib Vs Barito di Shopee Liga 1 2019:

 

Jadwal

Shopee Liga 1 2019: Persib Bandung vs Barito Putera. (Bola.com/Dody Iryawan)

Minggu, 24 November 2019

15.30 WIB Persib Vs Barito (Indosiar)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Kepak Sayap Elang Jawa Kembali ke Alam Liar

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Suasana lokasi pelepasan Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus). Lokasi yang berada di area berkemah di Cangkuang, Cidahu, Jawa Barat ini ditentukan setelah melewati habitat (habitat assesment) yang dilakukan oleh Balai TNGHS. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana lokasi pelepasan Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus). Lokasi yang berada di area berkemah di Cangkuang, Cidahu, Jawa Barat ini ditentukan setelah melewati habitat (habitat assesment) yang dilakukan oleh Balai TNGHS. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Pusat Suaka Elang Jawa (PSSEJ) memastikan kekuatan jaring di area pelepasan Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus). (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Pusat Suaka Elang Jawa (PSSEJ) memastikan kekuatan jaring di area pelepasan Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus). (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas membawa kandang burung elang brontok (Nisaetus Cirrhatus) yang sudah melalui tahapan untuk dilepasliarkan ke alam bebas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas membawa kandang burung elang brontok (Nisaetus Cirrhatus) yang sudah melalui tahapan untuk dilepasliarkan ke alam bebas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Pusat Suaka Elang Jawa (PSSEJ) membawa seekor burung elang brontok (Nisaetus Cirrhatus) kedalam sangkar besar yang sudah di buat, sebelum dilepas ke alam liar. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Pusat Suaka Elang Jawa (PSSEJ) membawa seekor burung elang brontok (Nisaetus Cirrhatus) kedalam sangkar besar yang sudah di buat, sebelum dilepas ke alam liar. (merdeka.com/Imam Buhori)

Burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) bertengger dalam sangkar besar yang ada di area pelepasan burung tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) bertengger dalam sangkar besar yang ada di area pelepasan burung tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Pusat Suaka Elang Jawa (PSSEJ) memonitor pergerakan burung elang lainnya melalui kamera DSLR di area pelepasan burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus). (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Pusat Suaka Elang Jawa (PSSEJ) memonitor pergerakan burung elang lainnya melalui kamera DSLR di area pelepasan burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus). (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Pusat Suaka Elang Jawa (PSSEJ) memonitor pergerakan burung elang lainnya melalui kamera DSLR di area pelepasan burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus). (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas Pusat Suaka Elang Jawa (PSSEJ) memonitor pergerakan burung elang lainnya melalui kamera DSLR di area pelepasan burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus). (merdeka.com/Imam Buhori)

Burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) bertengger dalam sangkar besar yang ada di area pelepasan burung tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) bertengger dalam sangkar besar yang ada di area pelepasan burung tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) terbang ke alam liarnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) terbang ke alam liarnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Picci Ramlan, Keponakan Olla Ramlan yang Didekati Billy Syahputra

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hubungan asmara Billy Syahputra dan Elvia Cerolline beberapa waktu lalu dikabarkan telah kandas. Kini kabarnya adik almarhum Olga Syahputra ini sedang mendekati wanita lain. Wanita tersebut ialah Picci Ramlan.

Terungkapnya Billy Syahputra sedang mendekati Picci Ramlan pun diketahui melalui unggahan Nikita Mirzani di media sosial Instagramnya. Baik Picci maupun Billy beberapa waktu lalu memang sedang berada di Bali bersama-sama dengan Nikita Mirzani, Indah Kalalo dan Fitri Salhuteru.

Picci Ramlan merupakan keponakan dari Olla Ramlan. Bagi yang tidak tahu, ia pun kerap dianggap sebagai adiknya, padahal ia adalah anak dari kakak Olla Ramlan. Terlahir dalam keluarga Ramlan, Picci pun warisi pesona kecantikan keluarganya yang terkenal.

Meski Picci tidak berkecimpung di dunia hiburan, pesonanya pun tak kalah dengan tantenya, Olla Ramlan. Selain itu, Picci dalam media sosialnya kerap membagikan gaya kesehariannya di Instagram @picciramlan. 

Berikut 7 potret Picci Ramlan yang disebut tengah dekat dengan Billy Syahputra seperti Liputan6.com kutip dari Instagram @picciramlan, Minggu (24/11/2019).

1. Ini dia sosok Picci Ramlah, keponakan Olla Ramlan

Picci Ramlan dan Olla Ramlan (Sumber: Instagram/picciramlan)

2. Sama-sama cantik dan menyandang nama Ramlan, Picci beberapa kali dianggap adik dari Olla Ramlan

Picci Ramlan dan Olla Ramlan (Sumber: Instagram/picciramlan)

3. Picci sendiri terlihat sering bersama dengan Olla Ramlan di berbagai kesempatan

Picci Ramlan dan Olla Ramlan (Sumber: Instagram/picciramlan)

4. Picci Ramlan ternyata anak dari Lolita Ramlan, kakak Olla Ramlan

Picci Ramlan dan Olla Ramlan (Sumber: Instagram/picciramlan)

5. Di media sosial ia kerap membagikan potret gaya kesehariannya yang stylish banget

Picci Ramlan dan Olla Ramlan (Sumber: Instagram/picciramlan)

6. Tak hanya bergaya modis, Picci Ramlan pun memesona dengan berbagai fashion

Picci Ramlan dan Olla Ramlan (Sumber: Instagram/picciramlan)

7. Picci Ramlan diketahui kerap jalan-jalan ke luar negeri

Picci Ramlan dan Olla Ramlan (Sumber: Instagram/picciramlan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agnez Mo Ingin Kolaborasi Bareng BTS, Tagar AgnezMoxBTS Jadi Sorotan

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, New York - Agnez Mo kini tengah sibuk dengan promosi lagu barunya, "NaNaNa". Salah satu agenda yang ia jalani, adalah wawancara dengan platfotm Build Series di New York City, Amerika Serikat, baru-baru ini.

Sejumlah potongan video wawancara Agnez Mo dengan sang host, Kevan Kenney, diunggah para penggemar di media sosial pada Sabtu (23/11/2019) kemarin.

Salah satu video yang mendapat sambutan paling hangat, adalah saat Agnez Mo menjawab pertanyaan apakah ia memiliki keinginan untuk berkolaborasi dengan artis K-Pop.

BTS

Personel BTS di karpet merah Grammy Awards 2019 di Los Angeles, Amerika Serikat, 10 Februari 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Agnez Mo sempat terlihat berpikir sebelum mengeluarkan jawabannya. "Enggak tahu, mungkin BTS... Yeah, I mean I don't know," ujarnya.

Persyaratan

Agnez Mo. (dok. Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/Byp4bIFFP49/Dinny Mutiah)

Ia menambahkan bahwa musik menjadi pertimbangan utamanya bila ingin melakukan kolaborasi.

"Aku mengerti sisi bisnis di baliknya [K-Pop]. Tapi semuanya harus tepat, harus terasa benar. Selama musiknya keren, aku bersedia," tuturnya.

Trending Topic

Ucapan Agnez Mo ini langsung menuai reaksi hangat dari para penggemar. Bahkan tagar AgnezMoxBTS sempat masuk dalam daftar Trending Topic di Twitter Tanah Air.

Reaksi Penggemar

"Kolab dong plisss...Dan use these hastag #AgnezMoXBTS dan trendingkan.Biar nyampe di telinga label bighit dan label 300," ujar @LasoIrtus.

"OMG PLS LET IT HAPPENED @BTS_twt #AgnezMoxBTS," cuit @nothere_exe02.

"We're here for the collab! Let's stream their music!!❤️ @agnezmo @BTS_twt #AGNEZMOxBTS," tulis @agnezcharts.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang Lebih Suka Cari Rumah di Jam Kerja

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang bilang waktu bekerja merupakan momen yang tidak boleh diganggu. Karena faktanya, ternyata banyak para karyawan yang memanfaatkan waktu bekerja justru untuk melakukan hal-hal lain, salah satu untuk mencari rumah.

Berdasarkan data Lamudi, ternyata waktu favorit masyarakat mencari rumah adalah saat di hari kerja, yakni pada hari Selasa hingga Kamis mulai pukul 10.00 pagi sampai 14.00 siang.

"Setiap waktu berkerja, portal properti kami selalu menunjukkan lonjakan traffic, kenaikannya bisa mencapai 100 persen," ujar Mart Polman, Managing Director Lamudi, dalam keterangan tertulis, Minggu (24/11/2019).

Menurut Mart, banyaknya masyarakat yang menggunakan waktu bekerjanya untuk mencari rumah, menunjukkan bahwa sebenarnya mencari informasi iklan rumah saat ini sangat mudah dan sederhana, bahkan ketika sedang berada di meja kantor sekalipun.

"Mencari informasi tentang iklan rumah saat ini sangat mudah, Anda bisa melalui aplikasi portal properti di smartphone kemudian bisa mendapatkan berbagai informasi tentang ikan rumah dengan lengkap dan detail," kata Mart.

 

Mayoritas Pria

Pengunjung mendapatkan penjelasan saat pameran properti di Jakarta, Kamis  (21/11/2019). Pemerintah mempermudah akses kepemilikan rumah layak huni dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan menurunkan persyaratan uang muka atau down payment (DP). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mayoritas pencari rumah di Lamudi sendiri adalah pria dengan usia 25-34 tahun (48,69 persen), 35-44 tahun (18,95 persen), 18-24 tahun (15,01 persen), 45-54 tahun (10,30 persen) dan 55-64 tahun (5,66 persen).

Para pencari tersebut banyak menggunakan perangkat mobile untuk mencari rumah idaman.

Para calon pembeli rumah yang mengakses Lamudi juga didominasi oleh kaum pria, rata-rata mereka mengincar rumah dengan harga di bawah Rp 700 jutaan yang berlokasi di Jabodetabek.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vitiligo Tak Berbahaya tapi Pasien Rentan Depresi

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyakit kulit vitiligo tidak menular, tidak berbahaya dan tidak mematikan meski begitu kondisi ini bisa menurunkan rasa percaya diri pasiennya. Kehadiran bercak putih susu di sebagian kecil atau besar kulit bisa membuat roboh benteng kepercayaan diri yang menimbulkan pasien rentan depresi.

"Yang ditakutkan justru depresi itu ya. Karena pasien vitiligo lima kali lebih mungkin depresi dibandingkan yang tidak vitiligo," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Dian Pratiwi.

Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dian memang tidak memiliki kapasitas mendiagnosis depresi pada pasiennya. Namun, paling tidak dia beberapa kali sempat menemukan pasien menunjukkan ke arah gejala depresi.

"Dia sudah tidak mampu lagi bekerja optimal, kemampuan dia sehari-hari jadi berkurang, kemampuan sebagai makhluk sosial terganggu. 'Aduh dok saya enggak mau keluar-keluar lagi, enggak mau ketemu teman saya lagi', " kata Dian saat temu media bersama Klinik Pramudia Jakarta.

Biasanya kondisi ini terjadi pada pasien vitiligo yang dalam kehidupan sehari-hari tampil di depan publik. Jika memang kondisi tersebut terjadi pada pasiennya, biasanya akan merujuk ke psikolog atau mungkin pada kasus yang lebih berat ke psikiater.

"Jadi, perlu ditangani juga ya psikologisnya. Bareng-barenglah antara dokter kulit dan psikolog atau psikiater. Dalam pengalaman saya sih, belum pernah merujuk ke psikiater tapi psikolog," tuturnya.

Orang Dewasa Lebih Terguncang Psikologisnya

Akibat vitiligo, Amy Deanna memiliki warna kulit berbeda dari orang kebanyakan, tapi itu pulalah yang membuat ia sukses jadi seorang model. (Foto: Instagram/@amy.deanna)

Penyakit yang membuat kulit tidak bisa memproduksi melanin ini bisa menyerang segala umur, baik anak dan orang dewasa. Kondisi psikologis yang terguncang biasanya lebih rentan terjadi pada orang dewasa dibandingkan pasien yang sejak kecil sudah terkena vitiligo.

"Kalau pasien anak, munculnya dari kecil dan punya orangtua yang positif tampaknya anaknya happy-happy saja ya," kata Dian.

Berbeda halnya bila terkena vitiligo ketika sudah dewasa. Kulit yang tadinya tidak apa-apa kemudian menjadi ada bercak putih susu bisa membuat kaget.

"Pasien dewasa biasanya bertanya, 'Apa sebabnya dok?' Hingga kini belum jelas (penyebabnya). Nah itu, bisa membuat depresi," kata Dian.

Itu sebabnya dia sering mengingatkan bahwa penting juga menjaga kesehatan mental pasien vitiligo. 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Indahnya Migrasi Ribuan Kupu-Kupu Monarch di Amerika

Posted: 23 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ribuan kupu-kupu monarch melakukan migrasi di Cerro Pelon Ranch, New Mexico. Fenomena ini menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora: Malaysia Tidak Cukup Minta Maaf Lewat Media Sosial

Posted: 23 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut permintaan maaf Pemerintah Malaysia terkait insiden penganiayaan suporter tidak cukup. Pasalnya, permohonan itu diberikan lewat media sosial.

Pendukung Indonesia diduga dikeroyok suporter Malaysia ketika timnas kedua negara bertemu pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019). Menpora Malaysia Syed Saddiq kemudian meminta maaf melalui Twitter dan Instagram.

Zainudin Amali menganggap tindakan itu tidak cukup. Terlebih Kemenpora sudah melayangkan surat resmi kepada Pemerintah Malaysia untuk mengusut dan menyeret pelaku ke hadapan hukum, serta meminta maaf kepada masyarakat Indonesia.

"Pemerintah Malaysia harus meminta maaf secara resmi kepada masyarakat Indonesia," ujar Menpora Zainudin Amali, dilansir Antara.

"Kami sudah mengirim surat secara resmi, semestinya Pemerintah Malaysia juga harus menyampaikan permintaan maaf secara resmi pula," sambungnya.

Contoh Sebelumnya

Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, harus dievakuasi akibat kerusuhan saat sedang menonton laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Menpora mencontohkan insiden penganiayaan terhadap suporter Malaysia yang terjadi saat kedua tim bertemu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Saat itu Pemerintah Indonesia langsung meminta maaf secara resmi. Bahkan, Menpora kita yang ketika itu dijabat Pak Imam Nahrawi datang langsung ke Kemenpora Malaysia untuk menyampaikan permintaan maaf," katanya.

Semestinya, lanjut dia, Pemerintah Malaysia juga berlaku bijak untuk menyampaikan permintaan maaf secara resmi seperti Pemerintah Indonesia.

"Kalau meminta maaf secara resmi nanti pasti dimaafkan. Asalkan juga ada kepastian pelaku penganiayaannya telah diproses secara hukum," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patut dicontoh, Maskapai AS Punya Pramugari Berbahasa Isyarat

Posted: 23 Nov 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Semakin banyak inovasi dalam dunia penerbangan, khususnya untuk kaum disabilitas. Maskapai penerbangan di Amerika Serikat memiliki pramugari berbahasa isyarat untuk penumpang tunawicara.

Dilansir dari travelandleisure.com, Sabtu (23/11/2019), salah satunya maskapai Delta Airlines. Nantinya, para kru kabin akan diberikan pin sebagai tanda bahwa mereka dapat membantu tunawicara untuk berkomuniasi dalam penerbangan.

Hal ini bertujuan agar Delta Airlines menjadi maskapai As pertama yang secara resmi menawarkan bahasa isyarat dan juga sebagai usaha untuk mendekatkan diri kepada pelanggan secara personal.

"Misi kami adalah menghubungkan dunia, yang dimulai dengan membuat perjalanan lebih mudah bagi semua orang. Ini adalah langkah kecil dalam perjalanan kami, tetapi perubahan kuat saat kami berupaya menajdikan dunia tempat yang lebih kecil dan lebih inklusif," kata CEO Delta Airlines, Ed Bastian.

Selain itu, pin ini tidak hanya diperuntukkan bagi kru kabin yang dapat berbahasa isyarat. Tetapi juga para kru yang memiliki keahlian bahasa di luar bahasa Inggris yang ada di dunia.

Misi ini merupakan salah satu upaya dari saran penumpang Delta dan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang kesetaraan disabilitas.

Pramugari akan membantu penumpang mulai dari sebelum berangkat, dalam penerbangan hingga sampai tujuan. Seperti awal bulan Juli lalu seorang pramugari Delta menuliskan intruksi keselamatan untuk penumpang tunarungu dan pergi sendirian.

Tahun lalu pun seorang anak berusia 15 tahun membantu kru Alaska Airlines berkomunikasi dengan seorang penumpang tunawicara dan tunarungu.

Starbucks

Ilustrasi Starback

 

Bukan hanya Delta Airlines yang memiliki layanan dengan bahasa isyarat, Starbucks juga membuka gerai kopinya dengan barista berkemampuan serupa --American Sign Language. Kedai itu berlokasi di Gallaudet University, Washington, satu-satunya universitas seni liberal di dunia untuk penyandang tunarungu.

Melansir CNN, sabtu (23/11/2019), Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapkan 23 September 2018 sebagai Hari Bahasa Isyarat Internasional.

Sejak itu, peringatan kerap dilakukan pada tenggal tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya bahasa isyarat dalam realisasi penuh hak asasi manusia dari orang-orang tuli.

Diperkirakan ada 300 bahasa isyarat di seluruh dunia.

 

Reporter : Yuliasna

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPP Dukung Kejagung Tolak LGBT Lamar CPNS

Posted: 23 Nov 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Fraksi PPP di DPR, Achmad Baidowi atau Awiek mendukung, Kejaksaan Agung yang akan melarang dengan orientasi seksual Lesbian, Gay, Biseksual, dan tergolong Transgender atau LGBT, melamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan RI 2019.

"Fraksi PPP mendukung penuh rencana Kejagung melarang CPNS yang memiliki orientasi seksual menyimpang seperti LGBT," kata Awiek seperti dikutip dari Antara, Minggu (24/11/2019).

Awiek menyebut, kebijakan Kejagung merupakan upaya menjaga Aparatur Sipil Negara (ASN) dari kelompok LGBT sebab dinilai bisa mengancam generasi mendatang.

Lebih jauh, penerapan larangan LGBT bagi CPNS Kejagung disebutnya layak untuk diterapkan di semua instansi pemerintahan di Indonesia.

"Agama memiliki ajaran dari Tuhan yang wajib diikuti oleh para pemeluknya. Islam merupakan agama terbesar di Indonesia dan Islam melarang LGBT," ujar Awiek.

Diprotes

Ilustrasi Foto LGBT atau GLBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender). (iStockphoto)

Sebelumnya, syarat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Kejaksaan RI menjadi perhatian publik. Sebab, salah satu syaratnya adalah pelamar tidak boleh berorientasi seksual Lesbian, Gay, Biseks, dan tergolong Transgender, atau (LGBT).

Amnesty International Indonesia pun kecewa dengan persyaratan tersebut. Hal itu dinilai sebagai praktik diskriminatif terhadap warga negara.

"Kebijakan ini mengecewakan. Indonesia seharusnya merekrut kandidat terbaik untuk menjadi pegawai negeri sipil, bukannya menerapkan persyaratan yang mengandung kebencian terhadap kelompok tertentu dan tidak berdasar," tutur Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Minggu (24/11/2019).

Usman menyebut, persyaratan CPNS Kejaksaan RI jelas bersinggungan dengan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Persyaratan yang bersifat diskriminatif harus segera dicabut karena melanggar konstitusi dan tidak sesuai dengan kewajiban Indonesia di bawah hukum HAM internasional," tegas Usman.

Penelusuran Amnesty Internasional Indonesia, dalam halaman situs perekrutan CPNS Kejaksaan Agung yakni rekrutmen.kejaksaan.go.id menyatakan, kandidat tidak boleh memiliki 'kelainan orientasi seksual' dan 'kelainan perilaku atau transgender'. Mereka juga mensyaratkan postur badan ideal dengan standar BMI 18-25 dan tidak mengidap 'cacat fisik' dan 'cacat mental'.

Kementrian Perdagangan juga sempat melarang calon pelamar LGBT walaupun persyaratan ini kemudian dicabut. Sementara, Kementrian Pertahanan melarang perempuan hamil untuk melamar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes Baru Iran Harapkan Perluasan Kerja Sama Berbagai Bidang dengan Indonesia

Posted: 23 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mohammad Azad, duta besar baru Iran untuk Indonesia, resmi melaksanakan tugasnya sebagai penjembatan kedua negara, setelah ia menyerahkan surat-surat kepercayaan (letters of credential) kepada Presiden RI Joko Widodo pada 20 November 2019 lalu.

Ini adalah penugasan pertama Azad di Indonesia sebagai duta besar. Namun, pria itu sebelumnya telah dua kali berdinas di Kedutaan Iran di Jakarta pada berbagai kesempatan untuk mengisi sejumlah posisi diplomatik.

"Kami di Iran biasanya mengatakan, kalau belum tiga kali, belum sempurna. Atau seperti kata orang Indonesia, belum afdol," ujar Azad dalam bahasa Indonesia yang fasih, dalam sebuah video dari Kedutaan Iran yang dimuat Liputan6.com, Minggu (24/11/2019).

"Iran dan Indonesia telah mengenal selama berabad-abad yang lalu. Ketika pedagang-pedagang Persia berinteraksi dan berdagang dengan masyarakat Nusantara setempat,"

"Interaksi sosial-ekonomi ini meninggalkan jejak hingga kini," kata Azad.

Ia mencontohkan bagaimana lebih dari 400 kosakata Persia diserap menjadi Bahasa Indonesia modern, seperti pahlawan, bandar, anggur, dan lain-lain.

Pada hubungan diplomatik, Iran-Indonesia telah menjalin relasi sejak 1950. Dalam perjalanan itu, kedua negara memperlihatkan pandangan yang sama sebagai modal mengembangkan hubungan yang mulia.

"Hubungan persahabatan ini juga berjalan dengan sangat baik. Dan kami akan merayakan 70 tahun hubungan bilateral pada tahun 2021 mendatang," kata Azad.

"Indonesia memilik tempat yang istimewa (bagi Iran) dalam berbagai sektor kerja sama, dan saya yakin, atas kerja sama seluruh elemen, kita dapat memperat persaudaraan dan memperluas kerja sama pada berbagai bidang," jelas sang dubes Iran.

Simak pesan Dubes Iran untuk RI berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Malaysia Klaim WNI yang Dikeroyok Tidak Berkaitan Sepak Bola

Posted: 23 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Polisi Diraja Malaysia (PDRM) menyatakan laporan Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengaku dirampok di Bukit Bintang, Selasa (19/11/2019) tidak berkaitan dengan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia dan Indonesia.

Direktur Departemen Investigasi Kriminal PDRM Komisaris Polisi Datuk Huzir Mohamed mengatakan, polisi telah mengklasifikasikan kasus tersebut sebagai perampokan. Sebab, korban bernama Fuad Naji kehilangan paspor dan uang dalam insiden tersebut.

Saat melaporkan, Fuad mengaku diserang dan dirampok sekelompok pria pada pukul 02:00. PDRM pun menyelidiki kasus tersebut berdasarkan Bagian 392/397 dari KUHP.

Polisi kini mencari Fuad untuk merekam pernyataannya. Huzir menyatakan Fuad menghilang setelah mengajukan laporan ke polisi. Polisi Malaysia akan meminta bantuan KBRI Kuala Lumpur untuk menemukan Fuad.

"Korban hilang setelah dia disarankan untuk segera berobat usai mengajukan laporan di stan polisi rumah sakit," ungkap Huzir, dilansir Antara.

Upaya Identifikasi

Suporter Timnas Indonesia melakukan provokasi ke suporter Malaysia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Huzir mengatakan PDRM tengah berupaya mengidentifikasi orang yang bertanggung jawab dengan merekam dan mengunggah video viral yang memperlihatkan beberapa WNI yang diduga dipukul masyarakat Malaysia. Insiden ini diduga terjadi setelah pertandingan Malaysia melawan Timnas Indonesia di Stadion Nasional Bukit Jalil.

"Siapa pun yang memiliki informasi tentang masalah ini didesak untuk maju guna membantu penyelidikan polisi," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Awet Muda Thomas Djorghi di Usia 50 Tahun

Posted: 23 Nov 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di usia 50 tahun, Thomas Djorghi masih terlihat sangat muda. Nyaris tak ada perubahan berarti terutama dari segi fisik dibandingkan beberapa tahun lalu.

Lalu apa kiatnya tetap terlihat awet muda dan bugar? Thomas pun tak keberatan berbagi resep. Salah satunya adalah banyak minum air putih.

"Saya suka sekali minum air putih. Saya punya gelas jumbo, bangun tidur langsung glek tanpa stop. Ini sudah saya lakukan bertahun-tahun sekarang jadi kebiasaan rutin," ungkap Thomas di Jakarta, seperti dilansir dari Antara.

Dalam sehari, mantan model remaja ini bisa menghabiskan lebih dari delapan liter air.  Menurutnya, minum air putih sudah seperti bernapas.

Selain banyak minum air putih, Thomas juga disiplin dan rutin dalam berolahraga. Setidaknya dia harus jalan kaki jika tidak sempat berolahraga.

"Saya suka lari, jogging. Jalan kaki hobi banget, kalau di luar negeri bisa 12-14 jam jalan. Itu kan bagus ya buat energi dan peredaran darah," terang kakak dari Sultan Djorghi itu.

Dia menambahkan, jangan terlalu larut dalam kesedihan setiap kali punya massalah.

"Semua orang pasti punya masalah termasuk saya. Tapi enggak udah terlalu didramatisir, rileks saja. Itu bikin muka kita muda juga," tutup Thomas Djorghi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Seru Jorge Lorenzo Liburan di Bali, Disambut Nikita Mirzani

Posted: 23 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar MotoGP tentunya sudah tak asing dengan sosok Jorge Lorenzo. Seperti diketahui, pembalap asal Spanyol ini memutuskan untuk pensiun dari dunia balap motor setelah mengalami cedera tulang punggung.

Jorge Lorenzo menuntaskan balapan terakhirnya di MotoGP dengan menyabet lima gelar juara dunia, tiga di antaranya di kelas MotoGP. Usai balapan di Valencia, Lorenzo langsung bersiap untuk liburan.

Mantan pembalap Repsol Honda ini memutuskan untuk pelesir ke Bali, Indonesia. Kedatangan Lorenzo di Pulau Dewata juga disambut baik oleh artis cantik, Nikita Mirzani. Saat pertama bertemu, Nikita tidak melepas pelukannya dari Lorenzo.

Keduanya pun terlihat begitu akrab bak teman lama. Lorenzo dan Nikita juga tampak menghabiskan waktu bersama di Bali. Hal itu membuat Lorenzo dan Nikita Mirzani menjadi sorotan netizen. Pasalnya Nikita mengunggah foto di Instagramnya saat mencium pipi Lorenzo.

Pembalap 32 tahun ini pun tidak terlihat menolak ciuman yang diberikan Nikita. Penasaran seperti apa momen lburan pembalap MotoGP ini? Berikut potret Jorge Lorenzo liburan di Bali dan bertemu Nikita Mirzani dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/11/2019).

2. Lorenzo menikmati indahnya alam Ubud, Bali. Ia menyebut Pulau Seribu Pura ini adalah tempat yang menakjubkan.

Jorge Lorenzo (Sumber: Instagram/@jorgelorenzo99)

3. Momen Lorenzo makan malam bersama teman-temannya di Bali.

Jorge Lorenzo (Sumber: Instagram/@jorgelorenzo99)

4. Kedatangan Lorenzo di Bali juga disambut baik oleh artis cantik, Nikita Mirzani.

Jorge Lorenzo (Sumber: Instagram/@bilsky16_fans)

6. Lorenzo juga mendapat ciuman mesra di pipi dari Nikita Mirzani.

Jorge Lorenzo (Sumber: Instagram/@nikitamirzanimawardi_17)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persipura Jayapura Vs Persebaya Surabaya Eksklusif di Vidio

Posted: 23 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Tenggarong - Duel seru akan tersaji di Stadion Aji Imbut, Tenggarong ketika Persipura Jayapura menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Minggu (24/11/2019). Kemenangan dibutuhkan Persipura demi tetap nangkring di papan atas.

Persipura Jayapura butuh kemenangan untuk kembali ke peringkat kedua. Saat ini, tim berjulukan Mutiara Hitam itu tertinggal satu angka dari Borneo FC.

"Kita sudah di sini beberapa hari dan kita sudah melakukan simulasi latihan dan semua berjalan dengan baik. Semua yang kita susun berjalan lancar tanpa kendala apa pun," ucap Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago seperti dilansir situs resmi Liga 1.

Sementara itu, Persebaya datang ke Tenggarong tanpa sejumlah pemain andalan. Meskipun demikian, pelatih Aji Santoso menuturkan timnya telah siap mencuri poin di markas lawan.

"Saya berusaha menemukan pengganti yang sepadan dan siap tampil di pertandingan ini. Semua pemain kami siap bertanding dan mencuri poin," kata Aji Santoso kepada Bola.com

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Persipura vs Persebaya dimulai pukul 18.30 WIB. Selain di Indosiar, Anda juga dapat menyaksikan Persipura vs Persebaya dengan mengklik link ini..

Prediksi Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (k); Yohanis Tjoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae (b); Valentino Telaubun, Oh In-kyun, Ian Kabes (t); Gunansar Mandowen, Todd Ferre, Titus Bonai (d)

Pelatih: Jacksen Tiago

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (k); Abu Rizal, Hansamu Yama, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi (b); Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Diogo Campos (t); Elisa Basna, David da Silva, Oktafianus Fernando (d)

Pelatih: Aji Santoso

Persipura Jayapura Vs Persebaya Surabaya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-22 Punya Cara Ampuh Menjaga Kebugaran di SEA Games 2019

Posted: 23 Nov 2019 08:20 PM PST

Manila - Tim dokter Timnas Indonesia U-22 berusaha untuk menjaga kondisi para pemain untuk cepat kembali bugar setelah bertanding. Hal ini disebabkan mepetnya jarak pertandingan sepak bola di SEA Games 2019 Filipina.

Timnas Indonesia U-22 akan bermain dengan jeda hanya 1 hari per pertandingan sepanjang babak penyisihan Grup B di SEA Games 2019. Situasi ini tak hanya dialami pasukan Indra Sjafri, melainkan seluruh peserta ajang dua tahunan tersebut.

Dokter Timnas Indonesia U-22, Syarif Alwi, memiliki sejumlah cara ampuh untuk bisa mengembalikan stamina dan kebugaran pemain setelah bertanding. Pria yang akrab disapa Papi itu akan memaksimalkan sejumlah cara semisal pola istirahat, pemeriksaan fisioterapi, hingga pola makanan.

"Kondisi pemain Timnas Indonesia U-22 jelang SEA Games dalam keadaan siap tempur. Namun, kami tetap akan memaksimalkan istirahat pemain, memaksimalkan petugas fisio, memaksimalkan masseur pemain, dan kami juga memaksimalkan makanan baik untuk pemain," kata Papi di Manila, Sabtu (23/11/2019).

 

Hindari Cedera

Para pemain Timnas Indonesia U-22 berlari saat mengikuti latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (22/11). Latihan ini persiapan jelang laga SEA Games 2019. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Menurut Papi, jika semua hal dilakukan secara benar maka kecil kemungkinan pemain mengalami cedera dengan jadwal pertandingan yang mepet. Satu yang paling penting menurutnya adalah menjaga pola istirahat dengan benar.

"Kami tahu pemain akan jatuh sakit apabila istirahat, makan, dan latihan tidak seimbang. Jadi, kami harapkan pada saat istirahat ya mereka benar-benar istirahat," tegas Papi.

Timnas Indonesia U-22 akan memulai perjuangan di SEA Games 2019 dengan melawan Thailand yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Selasa (26/11/2019). Kemenangan menjadi harga mati untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 24/11/2019)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amnesty International Minta Syarat CPNS Diskriminatif Dicabut

Posted: 23 Nov 2019 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Syarat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Kejaksaan RI menjadi perhatian publik. Sebab, salah satu syaratnya adalah pelamar tidak boleh berorientasi seksual Lesbian, Gay, Biseks, dan tergolong Transgender, atau (LGBT).

Amnesty International Indonesia pun kecewa persyaratan tersebut. Hal itu dinilai sebagai praktik diskriminatif terhadap warga negara.

"Kebijakan ini mengecewakan. Indonesia seharusnya merekrut kandidat terbaik untuk menjadi pegawai negeri sipil, bukannya menerapkan persyaratan yang mengandung kebencian terhadap kelompok tertentu dan tidak berdasar," tutur Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Minggu (24/11/2019).

Usman menyebut, persyaratan CPNS Kejaksaan RI jelas bersinggungan dengan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Persyaratan yang bersifat diskriminatif harus segera dicabut karena melanggar konstitusi dan tidak sesuai dengan kewajiban Indonesia di bawah hukum HAM internasional," tegas Usman.

Penelusuran Amnesty Internasional Indonesia, dalam halaman situs perekrutan CPNS Kejaksaan Agung yakni rekrutmen.kejaksaan.go.id menyatakan, kandidat tidak boleh memiliki 'kelainan orientasi seksual' dan 'kelainan perilaku atau transgender'. Mereka juga mensyaratkan postur badan ideal dengan standar BMI 18-25 dan tidak mengidap 'cacat fisik' dan 'cacat mental'.

Kementrian Perdagangan juga sempat melarang calon pelamar LGBT walaupun persyaratan ini kemudian dicabut. Sementara, Kementrian Pertahanan melarang perempuan hamil untuk melamar.

Kejagung Tolak LGBT

Gedung Kejaksaan Agung Jakarta.

Sebelumnya, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Kejaksaan RI jadi perhatian publik lantaran salah satu syaratnya adalah pelamar tidak boleh berorientasi seksual Lesbian, Gay, Biseks, dan tergolong Transgender. Dikenal dengan LGBT.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Mukri menyatakan, pihaknya tidak ingin berurusan dengan pelamar LGBT.

"Artinya kita kan pengen yang normal-normal lah, wajar-wajar saja," tutur Mukri di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Kamis 21 November 2019.

Menurut Mukri, LGBT adalah suatu keanehan yang terjadi dalam lingkungan sosial bermasyarakat. Untuk itu, Kejaksaan RI memilih membatasi dari fenomena yang dinilai kontroversial tersebut.

"Kita tidak mau yang aneh-aneh, supaya mengarahkan, supaya tidak ada yang ya gitu lah," jelas dia.

Mukri tidak mau ambil pusing dengan kritikan LSM. Meski dianggap melakukan praktik diskriminatif terhadap warga negara.

"Saya no comment lah untuk itu ya," Mukri menandaskan.

Dikutip dari laman rekrutmen.kejaksaan.go.id, tertulis pelamar tidak buta warna, baik parsial maupun total; tidak cacat fisik; dan tidak cacat mental, termasuk kelainan orientasi seks dan kelainan perilaku (transgender).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Posted: 23 Nov 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali menuai hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam laga terakhir, Timnas Indonesia kalah 0-2 di kandang Malaysia.

Ini merupakan kekalahan kelima bagi Tim Garuda di ajang yang sama. Sebelumnya, mereka kalah melawan Vietnam, Malaysia, Thailand, dan UEA.

Meski demikian langkah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 belum usai. Masih ada tiga laga lagi yang harus dijalani Andik Vermansah dan kawan-kawan.

Namun dari tiga laga tersebut, Timnas Indonesia hanya sekali bermain kandang yakni saat melawan UEA. Sementara dua laga lainnya yakni melawan Thailand dan Vietnam harus dimainkan di kandang lawan.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Jadwal

Suporter Timnas Indonesia memberikan dukungan saat melawan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

26 Maret 2020, Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020, Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020, Vietnam Vs Indonesia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengendara Skuter Listrik yang Langgar Aturan akan Ditilang Mulai Besok

Posted: 23 Nov 2019 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berlaku mulai besok, Senin 25 November 2019, pengguna skuter listrik yang melanggar akan ditilang. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya telah menetapkan beberapa kriteria dan standar penggunaan otopet atau skuter listrik (skutris) di ibu kota.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, penegakkan hukum terhadap pengguna otopet atau skuter listrik akan dilakukan.

"Bagi pengendara otopet/skutris yang berkendara bukan pada jalur yang ditetapkan, maka Polri akan melakukan tindakan represif non yustisial (teguran), dan pada hari Senin 25 November 2019 Polri akan melaksanakan tindakan represif yustisial (penilangan)," ujar Yusri dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com.

Adapun pasal yang akan diterapkan yaitu Pasal 282 jo 104 ayat (3) UU LLAJ, yang berbunyi: "Setiap pengguna jalan yang tidak mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas Polri untuk berhenti dalam keadaan tertentu untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas akan dikenakan sanksi pidana penjara selama-lamanya satu bulan dan atau denda maksimal Rp250.000."

Selain itu, otopet atau skuter listrik merupakan golongan alat angkut perorangan atau personal mobility device sehingga standar keamanan pengendara skuter listrik berusia minimal 17 tahun.

"Dan pada saat berkendara harus menggunakan helm, alat pelindung kaki dan siku, serta saat malam hari harus menggunakan rompi yang menggunakan reflektor," katanya.

Otopet atau skuter listrik hanya bisa digunakan di kawasan tertentu yang sudah mendapatkan izin dari pengelolanya, seperti di bandara, stadion, dan tempat wisata. "Misalkan Ancol," kata Yusri.

Skuter Listrik Bisa Disita

Ternyata skuter listrik dapat disita petugas keamanan loh, jika pengguna memakainya tidak sesuai aturan. Traffic Management Center Polda Metro Jaya menginformasikan, ini tidak akan terjadi ketika pengguna mengendarainya di kawasan tertentu sesuai aturan.

Dasar hukum yang digunakan terkait penyitaan ini adalah Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009.

"Sesuai dengan UU Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan dapat dilakukan penyitaan terhadap skuter, otopet, dan sejenisnya sebagai barang bukti. Skuter, otopet dan sejenisnya hanya dapat dilalui pada Kawasan tertentu atas seizin pengelola kawasan," tulis TMC Polda Metro Jaya dalam akun Twitter-nya, Sabtu (23/11/2019).

Beberapa waktu, keberadaan skuter listrik menjadi perhatian sejumlah pihak. Pertama, ada pengguna yang mengendarainya di jembatan penyeberangan. Hal ini membuat lantai jembatan penyeberangan itu rusak dan tergores.

Tak lama setelahnya, terjadi kecelakaan yang melibatkan skuter listrik di Jalan Sudirman, Jakarta. Peristiwa yang terjadi pada Minggu 10 November 2019 itu menyebabkan dua orang meninggal dan empat orang lainnya cedera. 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Rp 14 Miliar dari Google untuk Peretas Pixel Jadi Sorotan

Posted: 23 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang hadiah senilai Rp 14 miliar dari Google untuk mereka yang berhasil meretas Pixel, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com pada Sabtu (23/11/2019).

Selain itu, dua artikel lainnya yang juga menyedot perhatian pembaca adalah artikel tentang siapa pengganti mantan Dirut Telkomsel Emma Sri yang menjadi Dirkeu Pertamina dan artikel mengenai bagaimana pelaku bisnis menyesuaikan diri dengan perubahaan kebiasaan belanja konsumen.

Selengkapnya simak Top 3 Tekno berikut ini.

1. Google Siapkan Rp 14 Miliar untuk Peretas Pixel

Google baru saja mengumumkan telah menambah total hadiah untuk program Android bug bounty yang khusus ditujukan untuk menyasar chip keamanan di smartphone Pixel, yakni Titan M.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (23/11/2019), raksasa internet itu kini menawarkan hadiah hingga USD 1 juta (sekitar Rp 14 miliar) bagi orang yang dapat menyusup ke sistem Titan M.

Menurut Google, hadiah utama akan diberikan ke mereka yang mampu mengeksploitasi secara utuh kode di Titan M dari jarak jauh. Ada pula bonus tambahan hingga 50 persen bagi peneliti yang berhasil menemukan exploit di versi Android developer preview.

Selengkapnya baca di sini

2. Emma Sri Martini Jabat Dirkeu Pertamina, Siapa Dirut Telkomsel?

Dirut Telkomsel, Emma Sri Martini, pada Program CSR IndonesiaNEXT 2019

Telkomsel masih menunggu informasi resmi dari pemegang saham terkait penunjukan Direktur Utama Emma Sri Martini menjadi Direktur Keuangan Pertamina.

Informasi tersebut disampaikan oleh VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangan resmi kepada media, Sabtu (23/11/2019).

"Kami akan sampaikan jika ada perkembangan lebih lanjut," kata Denny. 

Selengkapnya baca di sini

3. Teknologi Ubah Kebiasaan Konsumen Berbelanja, Bagaimana Pelaku Bisnis Menyesuaikan?

Diskusi tentang teknologi yang mengubah model bisnis retail di Disrupto, Jumat (22/11/2019). Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Kehadiran teknologi yang lebih maju mengubah banyak hal, termasuk gaya hidup dan kebiasaan masyarakat berbelanja.

Misalnya saja, kini teknologi membuat orang memilih untuk memakai jasa GoFood atau Grabfood untuk memesan makanan alih-alih datang ke gerai.

Ada juga orang-orang yang memilih untuk membeli furnitur secara online, setelah memadupadankan desain ruang menggunakan aplikasi belanja furnitur, seperti di Ikea.

Lantas, bagaimana pelaku bisnis ritel menyikapi perubahan kebiasaan konsumen saat berbelanja?

Founder sekaligus CEO Sour Sally Donny Pramono membenarkan kebiasaan konsumen yang berubah akibat berbagai teknologi baru, seperti internet dan aplikasi-aplikasi digital. Ia pun menyebut teknologi memiliki dua fungsi dalam bisnis makanan dan minuman (food and beverages/F&B).

Selengkapnya baca di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayu Ting Ting Bakal Rayakan Ulang Tahun Anak di Hotel Mewah

Posted: 23 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anak semata wayang Ayu Ting Ting, Bilqis Khumairah Razak, tak lama lagi akan berulang tahun yang keenam. Hari kelahirannya jatuh pada 28 Desember 2019.

Ayu Ting Ting rupanya sudah memiliki rencana untuk merayakan ulang tahun buah hatinya itu. Momen spesial tersebut akan dilangsungkan di salah satu hotel di Jakarta.

"Dia pengin nginep di hotel bareng saudaranya, Keke sama Kibo. Makan di hotel, nginep di hotel dua hari sudah cukup," ujar Ayu Ting Ting di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019).

Selain merayakan di sebuah hotel, apakah Ayu Ting Ting juga akan mengajak anaknya liburan ke luar negeri sebagai hadiah ulang tahun?

 

Tak Pergi

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

"Persiapan belum sih, nanti lah, yang jelas kita enggak pergi ke mana-mana cuma di sini aja," ucap mantan istri Henri Baskoro Hendarso tersebut.

 

Belum Siapkan Kado

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

Karena hari ulang tahun Bilqis masih satu bulan lagi, pelantun lagu "Alamat Palsu" ini belum menyiapkan kado untuk sang anak. "Belum, saya belum nanya juga ke Bilqis mau apa," ia mengakhiri.

 

Bagi Waktu

Sementara itu, meski memiliki aktivitas yang padat, Ayu Ting Ting tidak melupakan tugasnya menjadi seorang ibu. Ia cukup pintar dalam membagi waktu urusan pekerjaan dan keluarga.

 

Menemani

Dalam akun Instagramnya, Ayu Ting Ting sering kali membagikan momen saat menemani dan membantu Bilqis Khumairah Razak mengerjakan tugas-tugas sekolah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Suvenir Pernikahan Penuh Rumus Matematika

Posted: 23 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan pengantin yang akan menggelar pernikahan, biasanya telah mempersiapkan cendramata atau suvenir bagi para undangan yang hadir. Biasanya jenis suvenir yang disediakan beragam, mulai dari disesuaikan dengan konsep penikahan atau pertimbangan lainnya.

Namun, adapula pengantin akan memilih suvenir sesuai dengan karakter mereka. Hal ini yang juga nampaknya yang dilakukan oleh seorang guru matematika yang lantas suvenir pernikahannya menjadi viral di media sosial.

Artikel tentang suvenir pernikahan unik guru matematika yang jadi viral menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang zodiak yang kerap tularkan aura positif. Sementara artikel ketiga terpopuler tentang wanita yang turunkan berat badan hingga 63 kilogram dengan bantuan gim Xbox.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Suvenir Pernikahan Unik Guru Matematika Ini Jadi Viral, Seperti Apa?

foto: Twitter/@saiangkan

Ketika menghadiri sebuah acara pernikahan kita tentu akan mendapatkan sebuah suvenir sebagai cenderamata. Suvenir memang menjadi salah satu pelengkap yang tak pernah lupa dipersiapkan oleh pengantin.

Ada begitu banyak jenis suvenir pernikahan yang kerap dipilih oleh pengantin untuk para tamu undangan mereka. Kebanyakan suvenir tersebut merupakan benda yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Selengkapnya...

2. Selalu Disenangi Banyak Orang, 4 Zodiak Ini Kerap Tularkan Aura Positif

ilustrasi bahagia/Photo by Freshh Connection on Unsplash

Memiliki kepribadian yang ramah dan ceria tentu akan membuat kita disenangi banyak orang. Pasalnya, dengan karakter tersebut seseorang akan melihat kita sebagai pribadi yang menarik.

Tak hanya itu, nyatanya sifat ceria bisa menularkan aura positif ke orang-orang yang ada di sekitar kalian. Rupanya ada beberapa zodiak yang dikatakan memiliki sifat ini sehingga mudah disukai oleh orang lain. Dikutip dari Fimela, berikut ulasannya.

Selengkapnya...

3. Wanita Ini Turunkan Berat Badan hingga 63 Kg dengan Bantuan Game Xbox

foto: Dailymail

Memiliki tubuh ideal bisa menjadi impian semua orang khususnya wanita. Tak hanya membuat jadi lebih percaya diri, memiliki berat badan yang ideal juga baik bagi kesehatan.

Hal ini yang juga dialami oleh gadis asal Inggris, Laura Dryden. Laura mengaku memiliki tubuh yang lebih fit usai dirinya berhasil menurunkan berat badan cukup drastis.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Persatuan Lewat Kolaborasi Seni Sunda dan Batak

Posted: 23 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Alunan suara penyanyi perempuan membawakan Bubuy Bulan begitu selaras dengan alunan irama calung dan kendang. Tak berselang lama kemudian, hentakan gordang, alat musik Batak diikuti bunyi sulim mengiringi lagu Butet.

Dua lagu tersebut menjadi pembuka acara Pertunjukan Rakyat Cimahi Margondang di Cimahi Convention Hall, Sabtu (23/11/2019) malam.

Perpaduan unsur dua lagu daerah tersebut sontak membuat suasana hening menjadi riuh.

Penonton yang terpantau dari kalangan usia muda, semakin takzim dengan penampilan tarian yang dibawakan dengan ciri khas lagu kedua daerah. Lagu Mojang Priangan dan Maragam-Ragam mengiringi kolaborasi Tari Jaipong dengan Tari Tor-Tor.

Para penari yang berasal dari dua latar belakang budaya berbeda tampak kompak dan harmonis mementaskan dua tari tradisional di atas panggung.

Begitulah acara Cimahi Margondang yang mengangkat tema Mewujudkan Persatuan Melalui Komunikasi Kebudayaan. Acara ini merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang bekerjasama dengan anggota DPR RI Komisi I Nico Siahaan.

"Itulah keindahan kalau mojang Priangan bersinergi dengan butet dari tanah Batak. Acara ini menjadi bukti bahwasannya sinergi persatuan itu akan indah apabila dilakukan dengan kebersamaan," kata Selamatta Sembiring, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo memberi sambutan.

Perbedaan instrumen musik menurutnya bukan sebuah persoalan. Namun bisa disajikan dalam satu harmoni yang menghasilkan musik yang bernyawa.

"Dan kesatuan negeri adalah kado terindah pendiri negara ini. Kita sekarang tinggal merawatnya. Oleh karena itu hari ini kita gelar pertunjukan rakyat semacam ini untuk mempersatukan budaya. Yang akan datang tentunya kita bisa persatukan suku bangsa di republik ini untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI," ujarnya.

Melalui persatuan, ia berharap masyarakat bisa sebagai meredam informasi hoaks. Adanya rasa saling menghargai, menjadikan warga lebih bijak dalam menerima setiap informasi yang ada.

"Sekarang ini ini kita ada di era digital. Mari kita gunakan gawai untuk hal hal positif karena sekarang ini banyak konten hoaks, fakenews, radikalisme dan banyak sekali konten negatif yang jika tidak diwaspadai bisa terjerumus dalam perpecahan," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengapresiasi pertunjukan seni dan budaya ini. Warga Cimahi menurutnya amat menghargai perbedaan dan keberagaman.

"Ini menandakan budaya ini dijadikan sebagai sarana komunikasi antara masyarakat baik itu dari daerah manapun. Tentunya pertemuan budaya ini merupakan wahana pergaulan yang sangat baik," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Belum Terkalahkan di Liga Inggris, Klopp Tak Tertarik Bicara Rekor

Posted: 23 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, London - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tidak tertarik membahas soal rekor belum terkalahkan timnya di Liga Inggris musim ini. Kemarin (23/11/2019), Liverpool sukses menang 2-1 atas tuan rumah Crystal Palace di Selhurst Park.

Kemenangan itu membuat The Reds kian dominan di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2019-2020. Liverpool mendulang 37 poin dari 13 pertandingan, tanpa sekalipun menderita kekalahan.

Roberto Firmino dan kawan-kawan memimpin delapan angka dari Leicester City, dan sembilan poin dari juara bertahan Manchester City di klasemen. Meski begitu, rekor itu tidak membuat Klopp merasa lebih unggul.

"Saya tidak tahu tentang catatan itu. Saya tidak tahu apa artinya, jujur, karena saya tidak punya waktu memikirkannya," ujar Klopp seusai pertandingan, seperti dilansir situs resmi Liverpool.

"Kami benar-benar membutuhkan hasil melawan Brighton pekan depan, tetapi sebelum itu kami harus bermain melawan Napoli dan kemudian kita akan melihat," ungkap pelatih berpaspor Jerman ini.

Menurut Klopp, The Reds tidak bermain untuk memecahkan rekor apapun yang ada di Liga Inggris. Klopp hanya mau anak-anak asuhannya fokus untuk mengantarkan Liverpool meraih kemenangan di setiap pertandingan.

Hasil Terbaik

Jordan Henderson, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino merayakan gol Liverpool ke gawang Manchester City di Anfield, Minggu (10/11/2019) (Foto: Premier League)

"Kami tidak bermain untuk memecahkan rekor atau apapun. Kami benar-benar di sini untuk mendapatkan hasil terbaik di sepanjang musim ini. Jika kami memecahkan rekor, ya itu bagus," jelas Klopp.

"Tetapi, memenangkan pertandingan berikutnya jauh lebih penting daripada yang dikatakan orang soal 10 atau 15 tahun kami akan memecahkan rekor," ungkap mantan arsitek Borussia Dortmund ini.

Gol Kemenangan

Dua gol kemenangan Liverpool atas Crystal Palace tadi malam disarangkan Sadio Mane dan Roberto Firmino. Tuan rumah sempat membalas lewat Wilfried Zaha. 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Umumkan Posisi Chandra Hamzah di BTN Sebelum RUPS, Langgar Aturan?

Posted: 23 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Centre of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menilai penunjukan Pahala Mansury sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dan Chandra Hamzah menjadi komisaris utama (komut) tidak menyalahi aturan.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir pada Jumat lalu mengumumkan bahwa Pahala akan diangkat sebagai Dirut BTN. Sedangkan Chandra Hamzah didapuk sebagai komisaris utama perusahaan.

"Pemerintah adalah pemilik saham mayoritas jadi Pemerintah bisa menyatakan terlebih dahulu siapa yang akan ditunjuk," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (24/11/2019).

Untuk informasi, BTN merupakan perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam ketentuan, setiap pergantian pejabat perusahaan terbuka secara prosedur harus dilalui dengan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terlebih dahulu.

Sementara untuk kebutuhan perusahaan yang sifatnya sewaktu-waktu seperti membahas hal krusial kepentingan perusahaan, maka hal ini bisa dilalui dengan RUPSLB.

"Ya formalnya (penunjukan Pahala dan Chandra) memang nanti setelah RUPS. Dan dalam RUPS apa yang sudah diputuskan Pemerintah tak bisa ditentang karena Pemerintah pemegang saham mayoritas," kata dia.

Dia melanjutkan, BTN sebagai perusahaan tercatat di pasar modal intinya harus tetap mengikuti prosedur di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melaksanakan RUPS perseroan.

"BTN harus ikut prosedur BEI walaupun Pemerintah bisa memutuskan apa saja di RUPS, tapi pelaksanaan RUPS-nya harus ikut prosedur," ujarnya.

"Nah berbeda dengan Pertamina, karena dia bukan perusahaan publik maka RUPS bisa ditentukan oleh Pemerintah kapan saja, pelantikan Ahok tinggal mengikuti," tambah dia.

Misi Pahala N Mansury Jadi Dirut BTN

Dirut PT Garuda Indonesia Tbk Pahala Mansury (Dok Foto: Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu Achmud)

Pahala N Mans‎ury didapuk sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau BTN. Jabatan orang nomor satu di BTN tersebut sebelumnya kosong setelah ditinggalkan Suprajarto.

Pahala mengatakan mendapat sejumlah pekerjaan rumah dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir.

"Tentunya nanti kita menunggu proses korporasi," kata Pahala, saat ditemui usai menjadi pembicara dalam acara Disrupto Society, di Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Pahala menyebutkan, salah satu pekerjaan rumah yang diberikan kedirinya adalah meningkatkan kinerja BTN dalam peran me‎nyalurkan kredit perumahan.

"Tentunya meningkatkan kinerja kita jalankan perannya BTN sebaik mungkin. Karena memang peran BTN menyalurkan kredit perumahan," ungkapnya.

Pahala yang saat ini masih menyandang jabatan Direktur Keuangan Pertamina melanjutkan, dirinya juga diberi tugas untuk melakukan inovasi agar‎ penyaluran kredit perumahan berjalan dengan baik.

"Tentunya melakukan inovasi supaya BTN sebagai penyaluran kredit Perumahan dengan baik," tandasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Baju Koko Putih, Kado Manis untuk Menkes Terawan

Posted: 23 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Gontor - Dalam kunjungannya ke pondok pesantren dan puskesmas di wilayah Jawa Timur pada Sabtu, 23 November 2019, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto mendapatkan sebuah kado manis.

Hadiah tersebut berupa baju koko putih lengkap dengan peci, pemberian dari pihak Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Ponorogo.

Sesaat setelah menerimanya, Menkes Terawan pun langsung mengenakan pakaian tersebut. Alhasil, sepanjang melakukan banyak kunjungan di Sabtu yang cukup terik itu, Terawan mengenakan baju koko dan peci hitam.

Berikut foto-foto saat Dokter Terawan melakukan pertemuan dengan banyak pihak dan berdialog dengan para santriwan dan santriwati dengan mengenakan baju koko dan peci hitam.

 

Menkes Terawan Langsung Mengenakan Baju Koko Kado Manis yang Dia Terima Saat Berkunjung ke Gontor

Terawan yang terlihat sudah mengenakan baju koko putih dan peci hitam bersalaman Pimpinan Pondok modern Darussaam Gontor Ustadz Hasan Abdullah Sahal dan Ketua Badan Wakaf Ustadz Akrim Maryat (Foto: Biro Pers Kementerian Kesehatan Republik Indonesia)

Duduk dan Berdiskusi Bersama Dua Tokoh Muslim di Pondok Modern Darussalam Gontor

Dari Kiri: Pimpinan Pondok Modern Darussaam Gontor Ustadz Hasan Abdullah Sahal, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto, dan Ketua Badan Wakaf Ustadz Akrim Maryat (Foto: Biro Pers Kementerian Kesehatan Republik Indonesia)

Menkes Terawan Terlihat Santai Berbicara dengan Pemimpin Pondok Modern Darussalam

Gaya santai dan rapi Menteri Kesehatan Dokter Terawan saat berbicara dengan Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Ustadz Hasan Abdullah Sahal. Banyak hal yang mereka bahas pada pertemuan itu (Foto: Biro Pers Kementerian Kesehatan Republik Indonesia)

Menkes Terawan Juga Bertemu Para Santriwati di Pondok Modern Tersebut

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto saat bertemu para santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri. (Foto: Biro Pers Kementerian Kesehatan Republik Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai Besok, Penerobos Jalur Sepeda Bakal Ditilang

Posted: 23 Nov 2019 07:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi bakal menilang pengendara yang melintas di jalur sepeda. Aturan ini mulai diberlakukan pada Senin 25 November 2019.

"Mulai besok, Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan tindakan represif yustisial (penilangan) kepada pengendara yang menyerobot jalur sepeda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangannya, Minggu (24/11/2019).

Yusri mengatakan, sejumlah petugas akan dikerahkan untuk mengawasi 17 titik jalur sepeda yang tersedia di DKI Jakarta.

Yusri menjelaskan, 17 titik merupakan jalur sepeda yang sudah diuji coba pada 20 September hingga 19 November 2019 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pada tahap sosialisasi, pengendara hanya dikenakan sanksi berupa teguran. Namun, kali ini pelanggar yang memasuki jalur sepeda dapat dikenakan tilang dengan menerapkan pasal 284 tentang hak utama pejalan kaki dan pasal 287 ayat (1) tentang melanggar Rambu atau Marka dalam UU no 22 tahun 2009

"Sanksi teguran sudah berakhir pada hari Minggu tgl 24 November 2019 , selanjutnya besok penegakan aturan berupa penilangan," tutup dia.

Jalur Sepeda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran melakukan test jalur sepeda dari Jakarta International Veldrome menuju Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/9/2019). Menurut Anies, dengan beralih ke sepeda ketergantungan kepada kendaraan bermotor bisa dikurangi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba jalur sepeda sejak 20 September 2019. Ada tiga fase jalur sepeda yang telah dibangun Pemprov DKI Jakarta.

Fase pertama, Jalan Pemuda sampai dengan Jalan Merdeka Selatan. Selanjutnya fase kedua yakni Jalan Jendral Sudirman, Sisingangmangaraja, Panglima Polim, dan RS Fatmawati.

Terakhir fase ketiga yaitu Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, Jalan Jatinegara Timur.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Pelatih Persib Bandung vs Barito Putera: Beda Target Robert dan Djanur

Posted: 23 Nov 2019 07:55 PM PST

Bandung - Persib Bandung akan menjamu Barito Putera pada pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar. Laga tersebut akan dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Soreang, Minggu (23/11/2019).

Saat ini, Persib Bandung berada di peringkat keenam dengan 40 poin dari 27 laga. Tim berjulukan Pangeran Biru itu mengemas sepuluh kemenangan, sepuluh seri, dan tujuh kekalahan.

Sementara itu, Barito Putera berada di urutan ke-14. Samsul Arif dkk mengumpulkan 30 poin dari 27 pertandingan.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mampu membawa Pangeran Biru tak terkalahkan pada enam laga teraktual. Bahkan lima partai di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Robert mulai menunjukkan tajinya sebagai pelatih bertangan dingin. Sempat terseok-seok di awal musim, Persib Bandung kini dibawanya mendekati papan atas.

Djadjang Nurdjaman Bawa Efek Positif

Pelatih Barito Putra, Djadjang Nurdjaman, saat melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (23/9/2019). Persija menang 1-0 atas Barito Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelan tapi pasti, Barito Putera meninggalkan zona degradasi. Lantas, apa kuncinya? Siapa lagi kalau bukan kehadiran Djadjang Nurdjaman di tengah kompetisi.

Di tangan pelatih yang karib dipanggil Djanur itu, Barito Putera meraih lima kemenangan, tiga seri, dan empat kekalahan sejak mengambil alih kemudi pada 21 Agustus 2019.

Motivasi Djanur tentu akan berlipat saat melawan Persib Bandung. Pangeran Biru adalah tim satu-satunya yang pernah dibawanya ke podium tertinggi Liga Indonesia pada 2014.

Kendati masih inkonsisten, Barito Putera berhasil keluar dari zona degradasi. Kini, fokus Djadjang adalah membawa tim beralias Laskar Antasari itu bertahan di Liga 1 untuk musim depan.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 24/11/2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hong Kong Gelar Pemilu di Tengah Gejolak Demonstrasi Pro-Demokrasi

Posted: 23 Nov 2019 07:55 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong - Kelompok-kelompok pro-demokrasi di Hong Kong mendesak orang-orang untuk tidak mengganggu pemilihan lokal yang berlangsung pada Minggu 24 November 2019 waktu setempat.

Pemilu digelar di tengah-tengah gejolak demonstrasi massa pro-demokrasi yang telah berlangsung selama lebih dari lima bulan terakhir di wilayah semi-otonom Tiongkok tersebut.

Mereka berharap jajak pendapat akan mengirim pesan kepada pemerintah pusat China di Beijing, yang mengancam akan menunda pemungutan suara jika ada gangguan serius di TPS.

Pada pemilu kali ini, lebih dari 400 anggota dewan akan dipilih menjadi anggota dewan distrik Hong Kong, demikian seperti dilansir BBC, Minggu (24/11/2019).

Juru kampanye pro-demokrasi berharap mereka dapat meningkatkan perwakilan mereka di dewan, yang secara tradisional memiliki pengaruh dalam memilih kepala eksekutif kota.

Calon pro-Beijing mendesak pemilih untuk mendukung mereka agar mengekspresikan frustrasi pada pergolakan yang disebabkan oleh bentrokan terus-menerus antara pengunjuk rasa dan polisi.

Polling dibuka pukul 07:30 waktu setempat (23:30 GMT) pada hari Minggu, dengan rekor 4,1 juta orang terdaftar untuk memilih. Hong Kong memiliki populasi 7,4 juta.

Lebih dari 1.000 kandidat bersaing untuk 452 kursi dewan distrik yang, untuk pertama kalinya, semuanya diperebutkan. Selanjutnya 27 kursi dialokasikan untuk perwakilan kabupaten pedesaan.

Saat ini, partai pro-Beijing memegang mayoritas kursi di dewan distrik Hong Kong.

Urgensi

Polisi bentrok dengan demonstran di Hong Kong, Minggu (29/9/2019). Dalam bentrokan tersebut demonstran melempari batu dan bom bensin ke arah aparat. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

Dewan distrik sendiri memiliki kekuatan aktual yang sangat kecil, jadi biasanya pemilihan ini berlangsung di tingkat yang sangat lokal.

Tetapi pemilihan ini berbeda. Ini adalah pemilihan pertama sejak protes anti-pemerintah dimulai pada Juni, jadi mereka akan bertindak sebagai cerminan nyata seberapa besar dukungan yang ada untuk pemerintah saat ini.

"Orang-orang di Hong Kong telah mulai melihat pemilihan ini sebagai cara tambahan untuk mengartikulasikan dan mengekspresikan pandangan mereka tentang keadaan Hong Kong secara umum dan terhadap pemerintahan Carrie Lam," Kenneth Chan, profesor di Hong Kong Baptist University, mengatakan kepada Reuters.

Lalu ada masalah kepala eksekutif Hong Kong.

Di bawah sistem pemilihan Hong Kong, 117 anggota dewan distrik juga akan duduk di komite beranggotakan 1.200 anggota yang memilih kepala eksekutif.

Jadi kemenangan distrik pro-demokrasi pada akhirnya bisa diterjemahkan ke bagian yang lebih besar, dan katakanlah, siapa yang menjadi pemimpin kota berikutnya.

Panas

Demonstran antre menuruni jembatan menggunakan tali untuk melarikan diri dari Universitas Politeknik Hong Kong di Distrik Hung Hom, Hong Kong, Senin (18/11/2019). Lusinan demonstran melarikan diri dari Universitas Politeknik Hong Kong yang dikepung polisi selama berhari-hari. (ANTHONY WALLACE/AFP)

Ada beberapa nama terkenal yang mencalonkan diri dalam pemilihan yang berlangsung di situasi politik yang memanas di Hong Kong.

Anggota parlemen pro-Beijing Junius Ho - salah satu politisi paling kontroversial di kota itu - ada di antara mereka.

Ho ditusuk awal bulan ini oleh seorang pria yang berpura-pura menjadi pendukung.

Ia telah secara terbuka menyuarakan dukungannya untuk kepolisian Hong Kong pada beberapa kesempatan. Ho, pada Juli, terekam berjabatan tangan dengan sekelompok pria - yang diduga sebagai gangster triad - yang kemudian menyerang para demonstran pro-demokrasi.

Jimmy Sham, seorang aktivis politik yang baru-baru ini menjadi terkenal sebagai pemimpin Front Hak Asasi Manusia Sipil - sebuah kelompok kampanye yang bertanggung jawab untuk mengatur beberapa pawai protes massa - maju dalam pemilu untuk pertama kalinya.

Sham juga telah diserang dua kali. Foto-foto menunjukkan dia terbaring di jalan berlumuran darah usai diserang oleh oknum tak dikenal menggunakan palu.

Aktivis pro-demokrasi ternama, Joshua Wong, yang memimpin gerakan protes payung 2014, dilarang ikut dalam pemilihan, suatu langkah yang disebutnya sebagai "penyaringan politik".

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda MU Sanjung Skuat Muda Setan Merah

Posted: 23 Nov 2019 07:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manajer legendaris Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson memberikan pandangannya terkait skuat yang pernah diasuhnya. Fergie menilai bahwa para pemain muda MU saat ini memiliki kualitas yang memadai dan bisa diandalkan.

Ole Gunnar Solskjaer yang ditunjuk menjadi pengganti Jose Mourinho di kursi pelatih MU melakukan sebuah gebrakan. Ia mengorbitkan banyak sekali pemain muda di skuat United.

Ada beberapa pemain akademi seperti Mason Greenwood, Tahith Chong, Angel Gomes dan Brandon Williams yang mulai mendapatkan kesempatan di tim senior MU. Selain itu beberapa senior mereka, Marcus Rashford dan Scott McTominay juga menjadi starter reguler di skuat Setan Merah saat ini.

Fergie mengaku senang melihat kualitas para pemain muda MU saat ini. "Mereka [pemain muda MU] telah bermain dengan baik," ujar Fergie kepada talkSPORT.

Identitas Klub

Striker Manchester United, Marcus Rashford (kedua kiri) merayakan golnya ke gawang Chelsea dalam babak keempat Carabao Cup di Stamford Bridge, Rabu (30/10/2019). Dua gol Marcus Rashford berujung pada kemenangan 2-1 MU atas Chelsea. (AP/Ian Walton)

Fergie juga mengapresiasi langkah Solskjaer yang berani mengorbitkan banyak pemain muda di tim utama MU saat ini.

Ia menilai anak didiknya itu berhasil mempertahankan identitas klub yang selalu memberikan kepercayaan kepada para pemain muda mereka.

"Ini adalah langkah yang bagus untuk United. Klub ini adalah klub terbaik bagi para pemain-pemain muda yang ingin menunjukkan kemampuannya. Saya juga melihat Inggris saat ini mulai memproduksi banyak pemain muda yang hebat dan itu adalah langkah yang bagus."

Layak Diberi Kesempatan

Fergie juga mengungkapkan alasan mengapa Manchester United selalu memberikan kesempatan kepada para pemain muda mereka.

Fergie menyebut bahwa para pemain muda telah bekerja sangat keras sehingga mereka layak untuk mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka.

"Satu hal mengenai para pemain muda, jika anda memberikan mereka kesempatan, mereka tidak hanya memanfaatkan peluang itu sebaik mungkin, tetapi mereka juga tidak akan mengecewakan anda. Mereka juga punya antusiasme yang besar juga." ia menandaskan.

Mencoba Bangkit

Setelah mencatatkan start yang kurang apik, Manchester United saat ini mulai bangkit dari keterpurukan.

Tim berjuluk Setan Merah itu saat ini tengah menempati peringkat tujuh klasemen sementara EPL.

Sumber: talkSPORT

Disadur dari Bola.net (Penulis Serafin Unus Pasi, published 23/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 7 Potret Tampan Agastya Nanda Cucu Amitabh Bachchan

Posted: 23 Nov 2019 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Para penggemar film India pasti sudah tak asing lagi dengan Amitabh Bachchan. Ya, aktor Bollywood legendaris ini kerap menemani para penggemarnya di Indonesia lewat sinema yang dibintanginya.

Sebagai aktor legendaris, tentu saja kehidupan Amitabh Bachchan menjadi sorotan publik. Apalagi keluarga aktor 77 tahun ini juga turut terjun di industri Bollywood.

Selain sang istri Jaya Bachchan, putranya Abishek Bachchan sudah menjadi aktor Bollywood sejak lama. Abishek juga menikahi aktris Bollywood ternama, Aishwarya Rai yang sudah malang melintang di dunia hiburan.

Namun ternyata kehidupan putrinya, Shweta Bachchan masih jarang tersorot media Indonesia. Diketahui Shweta Bachchan memiliki putra berparas tampan dari pernikahannya dengan Nikhil Nanda. Agastya Nanda putra Shweta ini memang jarang tersorot. Selain karena akun media sosialnya di-private, dirinya juga sedang menempuh pendidikan di Inggris.

 

Berikut 7 potret Agastya Nanda cucu Amitabh Bachchan yang Liputan6.com kutip dari Instagram @shwetabachchan, Minggu (24/11/2019).

1. Ini dia sosok Agastya Nanda cucu Amitabh Bachchan, anak kedua dari Shweta Bachchan dan Nikhil Nanda.

Agastya Nanda Cucu Amitabh Bachchan (Sumber: Instagram/shwetabachchan)

2. Sebagai keturunan keluarga yang berkecimpung dalam dunia hiburan, Agastya pun memiliki paras rupawan.

Agastya Nanda Cucu Amitabh Bachchan (Sumber: Instagram/shwetabachchan)

3. Dalam unggahan Instagram milik Shweta Bachchan, ia pun kerap membagikan potret bersama anaknya.

Agastya Nanda Cucu Amitabh Bachchan (Sumber: Instagram/shwetabachchan)

4. Agastya memiliki seorang kakak perempuan bernama Navya Naveli Nanda.

Agastya Nanda Cucu Amitabh Bachchan (Sumber: Instagram/shwetabachchan)

5. Agastya dan kakaknya umurnya tak berbeda jauh, hanya tiga tahun.

Agastya Nanda Cucu Amitabh Bachchan (Sumber: Instagram/shwetabachchan)

6. Kini usia Agastya baru berumur 19 tahun, pada 23 November ia pun baru saja merayakan hari kelahirannya.

Agastya Nanda Cucu Amitabh Bachchan (Sumber: Instagram/shwetabachchan)

7. Agastya Nanda memiliki pesona yang mungkin saja akan laris di industri Bollywood.

Agastya Nanda Cucu Amitabh Bachchan (Sumber: Instagram/shwetabachchan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Road To IEL Surabaya, 24 November 2019

Posted: 23 Nov 2019 07:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Road To IEL Surabaya kini sudah memasuki hari ketiga atau tepatnya hari terakhir gelaran ini diadakan di Surabaya.

Liga eSports ini masih mempertandingkan dua gim yaitu, Dota 2 dan Free Fire Competition. Pada kesempatan kali ini, Kampus Universitas Ciputra dan Universitas Surabaya akan mencari yang terbaik dari masing-masing perwakilan kampusnya.

Saksikan Live Streaming Road To IEL Surabaya pada Minggu, 24 November 2019 pukul 12.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sheffield United vs MU: Ancaman Tim Promosi

Posted: 23 Nov 2019 07:35 PM PST

Sheffield - Manchester United (MU) akan menghadapi Sheffield United dalam laga tandang pekan ke-13 Liga Inggris 2019-2020, Minggu (24/11/2019). Kemenangan adalah harga mati bagi pasukan Ole Gunnar Solskjaer.

Namun, MU juga patut mewaspadai Sheffield United. Meski berstatus tim promosi, posisi Sheffield di klasemen saat ini masih lebih baik daripada MU.

Sheffield tidak terkalahkan dalam lima laga terakhirnya di Liga Inggris. Pasukan Chris Wilder ini menempati posisi kelima dengan perolehan 17 poin, sama dengan Arsenal di posisi keenam. Sementara, United di posisi ketujuh dengan 16 poin.

Dalam dua laga kandang terakhir, Sheffield menekuk Arsenal 1-0 dan Burnley 3-0. Mereka bisa menjadi lawan yang berbahaya. Lys Mousset, yang musim ini sudah mengukir tiga gol dan tiga assist, adalah satu di antara ancaman terbesar bagi MU pada laga nanti.

Di sisi lain, MU menang dan selalu mencetak tiga gol dalam dua laga terakhirnya, yakni 3-0 menjamu Partizan Belgrade di Liga Europa dan 3-1 menjamu Brighton di Liga Inggris.

Anak-anak asuh Ole Gunnar Solskjaer boleh percaya diri menatap lawatan ke Bramall Lane ini. Marcus Rashford bakal jadi satu di antara andalan tim Setan Merah pada laga nanti.

Dia sedang berada dalam performa impresif. Rashford selalu mencetak gol dalam empat penampilan terakhirnya dan Timnas Inggris.

 

Pertandingan Sheffield United versus MU akan ditayangkan di TVRI, dengan kick-off pukul 23:30 WIB.

Prediksi Susunan Pemain

Striker Manchester United (MU), Anthony Martial berselebrasi dengan rekannya, Juan Mata dan Marcus Rashford setelah mencetak gol ke gawang Partizan pada matchday keempat Grup L Liga Europa di Old Trafford, Kamis (7/11/2019). MU mengalahkan Partizan Belgrade 3-0. (AP/Dave Thompson)

Sheffield (3-5-2): Moore; O'Connell, Egan, Basham; Stevens, Fleck, Norwood, Lundstram, Baldock; McGoldrick, Mousset.

Manajer: Chris Wilder.

Info skuat: Dean Henderson (ineligible), Egan (meragukan).

 

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Young, Maguire, Lindelof, Wan-Bissaka, Fred, McTominay; Rashford, Pereira, James; Martial.

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer.

Info skuat: Bailly (cedera), Fosu-Mensah (c edera), Pogba (cedera), McTominay (meragukan), Dalot (meragukan), Matic (meragukan), Shaw (meragukan), Tuanzebe (meragukan).

Statistik

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, tampak kecewa saat melawan Newcastle pada laga Premier League di Stadion St James Park, Newcastle, Minggu (6/10). Newcastle menang 1-0 atas MU. (AFP/Paul Ellis)

Head to Head di Premier League 

Pertemuan: 6

Sheffield menang: 1

Gol Sheffield: 4

Imbang: 0

Manchester United menang: 5

Gol Manchester United: 13

 

5 Pertemuan Terakhir 

10-01-2016 MU 1-0 Sheffield (FA Cup)

18-04-2007 MU 2-0 Sheffield (EPL)

18-11-2006 Sheffield 1-2 MU (EPL)

09-01-1995 Sheffield 0-2 MU (FA Cup)

07-12-1993 Sheffield 0-3 MU (EPL)

 

5 Pertandingan Terakhir Sheffield  

05-10-2019 Watford 0-0 Sheffield (EPL)

22-10-2019 Sheffield 1-0 Arsenal (EPL)

26-10-2019 West Ham 1-1 Sheffield (EPL)

02-11-2019 Sheffield 3-0 Burnley (EPL)

09-11-2019 Tottenham 1-1 Sheffield (EPL)

 

5 Pertandingan Terakhir Manchester United 

27-10-2019 Norwich 1-3 Manchester United (EPL)

31-10-2019 Chelsea 1-2 Manchester United (Carabao Cup)

02-11-2019 Bournemouth 1-0 Manchester United (EPL)

08-11-2019 Manchester United 3-0 Partizan (UEL)

10-11-2019 Manchester United 3-1 Brighton (EPL)

5 Catatan

Sheffield United vs Arsenal (OLI SCARFF / AFP)

Sheffield tak terkalahkan dalam 5 laga terakhirnya di Premier League (M3 S2 K0).

Selalu tercipta maksimal 2 gol dalam 7 dari 8 laga terakhir Sheffield di Premier League.

Manchester United menang 1 kali dan kalah 3 kali dalam 4 laga tandang terakhirnya di Premier League (M1 S0 K3).

Manchester United cuma menang 1 kali dalam 10 laga tandang terakhirnya di Premier League.

Selalu tercipta maksimal 2 gol dalam 6 dari 7 laga tandang terakhir Manchester United di Premier League.

 

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 23/11/2019)

 

Prediksi skor Bola.com: 0-1

Manchester United punya modal apik sekaligus pemacu motivasi untuk menang di kandang Sheffield United. Satu di antaranya ialah hadirnya kembali mantan manajer mereka, Jose Mourinho, yang kini menangani Tottenham Hotspur.

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Wiwig Prayugi / Editor Aditya Wicaksono, Published 24/11/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan, Tinggi Protein

Posted: 23 Nov 2019 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sarden menjadi andalan menu makanan praktis banyak orang. Meskipun ikan ini dapat dinikmati dalam keadaan segar, sarden sangat mudah rusak. Inilah sebabnya sarden paling sering ditemukan kalengan.

Ikan sarden berlimpah di laut Atlantik, Pasifik, dan Mediterania. Ikan ini hanya memakan plankton, yang berarti sarden tidak mengandung merkuri tingkat tinggi seperti yang ditemukan pada ikan lain.

Produk ikan sarden sangat mudah ditemukan dan termasuk dalam makanan siap saji yang kaya nutrisi. Ikan kecil ini dikemas dengan banyak mineral dan vitamin. Ikan ini dapat bermanfaat dalam pencegahan sejumlah penyakit seperti jantung dan kanker.

Disarankan untuk memilih sarden kalengan dengan minyak zaitun. Beberapa produk sarden juga dikemas dalam air. Versi ini adalah opsi yang baik untuk mengurangi asupan lemak. Berikut manfaat ikan sarden yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/11/2019).

Dukung kesehatan jantung

Dukung kesehatan jantung (iStock)

Mengurangi penggumpalan darah

Asupan lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan sarden baik untuk jantung karena membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, sehingga mencegah stroke dan aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan kondisi kerusakan pada dinding arteri yang dapat membuat pendarahan dan pembekuan darah yang berbahaya.

Cegah penyakit jantung

Sarden memiliki asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Asam lemak omega-3 seperti EPA (asam Eicosapentaenoic) dan DHA (asam Docosahexaenoic acid) memecah kolesterol jahat dalam tubuh. Ini mencegah penyakit jantung. Asam lemak omega-3 juga dikenal untuk memecah plak arteri yang membantu mengontrol tekanan darah. Vitamin B-12 pada sarden juga mendukung sistem kardiovaskular yang menyehatkan jantung.

Rendah merkuri dan kuatkan tulang

Tulang Kuat (sumber: iStockphoto)

Rendah merkuri

Kontaminasi logam berat merupakan masalah yang kerap menghantui saat mengonsumsi ikan. Untungnya, ikan sarden dianggap sebagai salah satu ikan teraman untuk dikonsumsi karena ukurannya yang kecil.

Sarden memakan plankton dan berada di dasar rantai makanan laut. Ini berarti sarden mengandung lebih sedikit merkuri dan logam berat lainnya daripada ikan besar seperti tuna atau salmon.

Sehatkan tulang

Sarden adalah sumber kalsium yang sangat baik. Ini menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang tidak toleran laktosa, alergi terhadap susu, atau membutuhkan lebih banyak kalsium dalam makanan.

Kalsium sangat penting karena 99% kalsium tubuh disimpan di tulang dan gigi. Jumlah kalsium yang baik, ditambah dengan olahraga dapat memperkuat tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis. Sarden juga kaya akan fosfor yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Stabilkan gula darah dan kaya vitamin

Sarden /copyright: shutterstock

Stabilkan gula darah

Lemak dan protein sehat dalam sarden membantu mengatur gula dalam tubuh. Mengonsumsi sarden dengan makanan yang kaya karbohidrat, memperlambat pelepasan gula dalam darah.

Konsumsi protein sarden memiliki efek menguntungkan pada sindrom metabolik yang diinduksi fruktosa pada variabel seperti hiperglikemia, resistensi insulin, hiperlipidemia, dan status oksidatif dan inflamasi. Ini membuat ikan sarden aman dikonsumsi penderita diabetes.

Kaya vitamin

Sarden menyediakan riboflavin, niasin, vitamin B-12 dan vitamin D. Riboflavin dapat membantu mencegah katarak dan migrain, dan niasin dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan memperbaiki gejala radang sendi.

Vitamin B-12 dalam jumlah yang cukup dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Sementara vitamin D yang cukup dapat membuat seseorang berpotensi lebih kecil terkena artritis atau kanker.

Atasi stres dan dukung penurunan berat badan

Ilustrasi stres (iStockphoto/hobo_018)

Atasi stres

Sarden kaya akan asam lemak Omega-3 yang dikaitkan dalam mencegah gangguan mood, seperti depresi, kecemasan dan gangguan bipolar. Otak terdiri dari 60% lemak dan karenanya lemak Omega-3 dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mental. Penurunan asam lemak Omega-3 menyebabkan peningkatan depresi dan kecemasan.

Bantu penurunan berat badan

Sarden adalah pilihan protein yang bagus. Ikan kecil ini dianggap sebagai makanan yang sangat efisien karena mengandung jumlah vitamin, protein, dan omega-3 yang sangat tinggi untuk jumlah kalori yang dikandungnya.

Protein rendah kalori ini bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Karena kaya akan nutrisi dan membantu mempertahankan metabolisme yang sehat, sarden memastikan tubuh tidak kekurangan apa yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Dukung kekebalan dan kaya mineral

Dukung kekebalan dan kaya mineral (Foto: Fratique.fr)

Tingkatkan kekebalan tubuh

Protein pada sarden juga membantu menciptakan antibodi yang menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Protein juga menyebarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ikan sarden juga kaya akan selenium.

Senyawa ini dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan selenium menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang buruk, penyakit jantung, gangguan mood, kerusakan tiroid dan masalah reproduksi.

Kaya mineral sehat

Ikan kecil ini juga dipenuhui dengan mineral sehat. Tiap kaleng sarden mengandung kalsium, besi,fosfor dan kalium. Kalsium untuk tulang yang kuat dan fungsi saraf dan otot yang tepat, zat besi penting untuk membentuk sel darah merah dan membawa oksigen ke tempat yang dibutuhkan tubuh.

Fosfor berperan dalam membentuk DNA dan menyimpan energi. Kalium dapat membantu menangkal efek peningkatan tekanan darah dari natrium, berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penemuan Langka Mumi Singa hingga Buaya Ditampilkan di Mesir

Posted: 23 Nov 2019 07:30 PM PST

Liputan6.com, Mesir - Mumi hewan seperti anak singa, kucing, burung, hingga beberapa buaya ditemukan di Mesir. Penemuan langka ini ditampilkan untuk pertama kalinya di sebuah pameran seadanya di Piramida Step of Djoser yang terkenal di Saqqara, selatan Kairo, dekat tempat mumi dan artefak lainnya ditemukan di nekropolis yang luas.

"Kami menemukan ratusan benda di sini," kata Menteri Purbakala Mesir, Khaled el-Anany.

"Semuanya sangat menarik dari sudut pandang Egyptological untuk mengetahui lebih baik bidang ini," imbuhnya seperti dilansir dari ABC, Minggu (24/11/2019).

Dataran Saqqara menampung sedikitnya 11 piramida, termasuk Piramida Step, bersama dengan ratusan makam pejabat kuno, mulai dari Dinasti 1 2920 SM-2770 SM hingga periode Koptik 395-642.

Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir Mostafa Waziri mengatakan, di antara mumi hewan-hewan yang dimumikan adalah dua anak singa. Pihaknya masih perlu melakukan pindaian radar pada tiga hewan lain untuk memastikan mumi-mumi itu juga singa.

Para arkeolog sering menemukan mumi kucing tetapi mumi singa jarang terungkap.

 

Patung Dewi Kuno

Mumi hewan seperti anak singa, kucing, burung, hingga beberapa buaya ditemukan di Mesir. (AFP/Khaled Desouki)

Pada tahun 2004, kerangka singa pertama ditemukan di Saqqara, mengungkapkan status suci hewan di zaman kuno.

Para arkeolog juga menemukan patung kucing dari kayu dan perunggu yang mewakili dewi kuno Bastet dan scarab batu besar yang langka, yang oleh Waziri digambarkan sebagai "yang terbesar di seluruh dunia".

Mereka juga memajang dua mumi ichneumon, atau mongoose Mesir, yang dibungkus perban linen dan patung-patung kayu dan timah dari Dewi Sekhmet, yang digambarkan sebagai seorang wanita dengan kepala singa betina.

Para ahli mengatakan, Sekhmet 1390-1252 SM adalah dewi perang dan penghancur musuh-musuh dewa matahari Re.

Ada juga potongan papirus dengan gambar dewi Taweret yang digambarkan sebagai kuda nil dengan ekor buaya. Mumi buaya juga ditemukan dalam balutan kain.

Tanda pada artefak yang ditampilkan menunjukkan bahwa mereka kembali ke Zaman Akhir 664-332 SM.

Penemuan Saqqara adalah yang terbaru dalam serangkaian penemuan selama ini. Mesir telah berusaha untuk mempublikasikan dalam upaya untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata utamanya, yang sangat terpukul kekacauan yang terjadi setelah pemberontakan 2011 yang menggulingkan otokrat lama Hosni Mubarak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: