Kamis, 21 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Video Viral Cucu Tendang Kakek karena Makanan Ikan

Posted: 21 Nov 2019 09:20 PM PST

Patroli, Kendal - Entah apa yang ada dalam pikiran seorang pemuda di Limbangan, Kendal, Jawa Tengah. Dia memukuli kakeknya karena ada makanan ikan yang masuk ke mulutnya saat gosok gigi. 

Sepupu pelaku yang masih duduk di sekolah dasar (SD) merekam peristiwa itu dan dikirim ke orangtuanya.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (22/11/2019), rekaman video aksi penganiayaan tersebut malah tersebar luas di media sosial sehingga Polsek Limbangan mengamankan pemuda tersebut.

Kendati korban sudah memaafkan sang cucu, usai menjalani pemeriksaan di Polsek Limbangan keduanya dibawa untuk diperiksa unit penanganan perempuan dan anak di Mapolres Kendal, Jawa Tengah.

Sementara, ponsel pintar yang digunakan untuk merekam dijadikan barang bukti oleh polisi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Asiknya Proses Syuting FTV Bekas Rasa Baru

Posted: 21 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - SCTV selama ini dikenal sebagai stasiun televisi yang menampilkan sinetron dan FTV drama.

SCTV kali ini mempersembahkan program baru, yakni FTV bertajuk Bekas Rasa Baru.

FTV ini dibintangi oleh Qausar Harta Yudana yang dipercaya memerankan karakter sebagai Adam, dan aktris cantik Glenca Chysara memerankan sebagai Raya.

Pada kesempatan kali ini SCTV ingin membagikan keseruan di balik layar FTV Bekas Rasa Baru. Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Senang Jokowi Kembalikan Perizinan ke BKPM

Posted: 21 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembalikan seluruh kewenangan perizinan investasi dari kementerian kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Langkah ini diharapkan agar tidak ada tumpang tindih dan memberikan kemudahan dalam berusaha.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian, Johnny Darmawan mengatakan, memang sudah seharusnya perizinan itu berada di dalam satu pintu. Mengingat, apabila izin diberikan di masing-masing Kementerian Lembaga dikhawatirkan tidak terjadi sinkronisasi.

"Menurut saya bener perizinan itu kan harus di satu pintu. Jadi kalau menurut saya ide Pak Jokowi itu bener harusnya dikembalikan ke BKPM dong," katanya saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Di samping itu, Jhonny juga menilai terobosan Presiden Jokowi yang membuat BKPM harus berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi juga menjadi langkah tepat.

Sebab, sosok Menko Luhut sebagai pimpinan di Kemenko Maritim dan Investasi diyakini mampu membuat gebrakan utamanya dalam kemudahan investasi.

"Mungkin Pak Jokowi mempertimbangkan kemudahan. Karena Pak Luhut terkenal bisa membuat sesuatu terjadi. Memang diperlukan menteri menteri seperti itu. Eksekutor bukan menteri planning. Itu mungkin pertimbangan pak jokowi mengapa investasi dimasukan ke maritim," jelasnya.

Dia menambahkan, pada prinsipnya pelaku usaha ingin segala perizinan diberikan pemerintah dalam kemudahan investasi dan lainnya dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, dirinya menyambut baik segala trobosan yang diberikan pemerintah.

"Pengusaha prinsipnya gini kita mau berusha, kok berusaha susah banget gitu aja konsep berpikirnya," tandasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

40 Aturan

Presiden Jokowi bertanya sambil memeriksa berkas milik masyarakat yang sedang mengurus perizinan, terutama yang terkait penanaman modal asing, Jakarta, Selasa (28/10/14). (Rumgapres/Agus Suparto)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk mengembalikan seluruh kewenangan perizinan investasi dari kementerian kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sebagai tindak lanjut, para menteri diminta mencabut 40 peraturan menteri (Permen) yang dianggap menghambat investasi dan kemudahan berusaha hingga akhir Desember 2019.

"Sebenarnya Sekretaris Kabinet telah membuat surat secara resmi kepada BKPM untuk hal tersebut sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bahwa sekali lagi kewenangan perizinan menjadi tanggung jawab sepenuhnya BKPM," ujarnya seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Jakarta

Menurut Pramono dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jakarta, keputusan dikembalikannya seluruh kewenangan perizinan investasi kepada BKPM bertujuan untuk meningkatkan kemudahan investasi atau berusaha di Indonesia.

Pemerintah menargetkan peringkat kemudahan berusaha Indonesia bisa ada di peringkat 50 pada 2021. Selanjutnya masuk peringkat 40 pada tahun-tahun berikutnya. Oleh karena itu Presiden menilai perlu adanya reformasi perizinan.

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tulisan Dilarang Masuk Ini Nyelenehnya Bikin Tepuk Jidat

Posted: 21 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti sering menemui jika berkunjung ke suatu tempat ada peringatan dalam wilayah tersebut. Entah peringatan untuk berhati-hati atau pun peringatan jika wilayah tersebut sedang ada hajatan. 

Umumnya, papan peringatan  dipasang agar khalayak mengetahui jika ada peringatan atau pun himbauan di suatu tempat. Biasanya papan peringatan ditulis sejelas mungkin dengan huruf kapital  dan diletakkan di tempat yang mudah terlihat.

Isi dari papan peringatan pun bermacam-macam tergantung dengan peraturan yang ada. Yang pasti, setiap tempat memiliki peraturannya sendiri-sendiri. Salah satu papan peringatan yang sering ditemui, ialah peringatan dilarang masuk. 

Ya, dalam suatu tempat hanya orang tertentu saja yang diperbolehkan masuk. Agar tak sembarang orang masuk dalam area tersebut, tak ayal peringatan dilarang masuk ini biasanya diletakkan di tempat yang strategis. 

Menariknya, beberapa orang punya cara kocak saat menuliskan peringatan dilarang masuk ini. Mereka menggunakan kata yang nyeleneh dan sedikit absurd, saking nyelenehnya kamu bisa tepuk jidat sendiri deh!

Penasaran gimana nyelenehnya peringatan dilarang masuk ini? Berikut Liputan6.com ulas dari berbagai sumber 6 tulisan dilarang masuk ini nyeleneh banget bikin tepuk jidat, Jumat (22/11/2019)

 

1. Sebuah trik biar nyamuk enggak menggigit nih.

Tulisan Dilarang Masuk (Sumber: 1cak)

2. Ingat ya, enggak boleh masuk kecuali ayah, nanti mama bisa marah.

Tulisan Dilarang Masuk (Sumber: 1cak)

3. Yaah, si kucing oranye enggak boleh masuk nih!

Tulisan Dilarang Masuk (Sumber: 1cak)

4. Mungkin aja habis baca peringatan itu, si copet bisa insyaf?

Tulisan Dilarang Masuk (Sumber: 1cak)

5. Takut kalau berantakan acaranya, sampai-sampai si mantan enggak boleh masuk nih.

Tulisan Dilarang Masuk (Sumber: 1cak)

6. Bukannya dilarang masuk, tamunya justru enggak boleh keluar.

Tulisan Dilarang Masuk (Sumber: 1cak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemarau Panjang, Harga Sayur di Pasar Tradisional Melonjak

Posted: 21 Nov 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski hujan perlahan mulai menampakan wujudnya, namun sebagian wilayah di Nusantara kini masih dilanda kemarau berkepanjangan. Hal itu turut mempengaruhi nilai jual komoditas sayuran di pasar tradisional yang masih terus naik.

Seperti diungkapkan Musriah (52 tahun), seorang pedagang sayuran di Pasar Kwitang Dalam, Jakarta Pusat. Dia menyebutkan, beberapa komoditas seperti labu siam, sawi putih dan tomat buah harganya terus meninggi.

"Yang lagi naik mah sayuran. Kayak labu siam tuh tinggi. Sekarang satunya Rp 5.000. Biasa Rp 5.000 dapet dua. Belanjanya (sekarang) Rp 4.000 (satu labu)," ujar dia kepada Liputan6.com di Pasar Kwitang Dalam, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

"Sawi putih juga, biasa Rp 7.000 sekarang belanjanya Rp Rp 12 ribu. Jualnya Rp 14 ribu. Tomat, biasanya Rp 5-6 ribu, sekarang belinya Rp 9.000 jualnya Rp 10 ribu," dia menambahkan.

Ungkapan senada dilontarkan pedagang sayuran lainnya di pasar yang sama, Nur (60 tahun). Dia mengatakan, beberapa komoditas sayuran yang disediakannya seperti jahe dan daun bawang secara harga melonjak tajam.

"Sayuran kayak jahe, daun bawang lagi mahal. Daun bawang Rp 25 ribu (per kg), biasa Rp 6 ribu. Jahe biasanya Rp 20 ribu (per kg), sekarang Rp 60-70 ribu (per kg)," tuturnya.

 

Bawang dan Cabai

Pedagang menjajakan bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (2/4/2019). Sejumlah pedagang di Pasar Induk Kramat Jati mengaku harga bawang merah dan bawang putih relatif stabil, meskipun terjadi kenaikan harga di beberapa daerah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Di luar komoditas tersebut, harga produk sayuran seperti bawang dan cabai terhitung normal. Musriah dan Nur kompak menjual cabai rawit merah sebesar Rp 35 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 25 ribu per kg, dan cabai merah keriting Rp 30 ribu per kg.

Sedangkan untuk bawang-bawangan, Musriah menawarkan bawang merah pada angka Rp 35 ribu per kg dan bawang putih Rp 37 ribu per kg. Sementara Nur mematok harga Rp 40 ribu untuk satu kilogram bawang merah, dan Rp 42 ribu per kg untuk bawang putih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cintak Tak Berbalas, Murid SMA di Yogyakarta Tikam Guru Saat Tidur

Posted: 21 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta - Peristiwa tragis menimpa seorang guru honorer yang mengajar di sebuah SMA di Kulonprogo, Bantul, Yogyakarta. Dia ditikam oleh siswanya sendiri saat korban tengah tertidur di dalam kamar rumahnya.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (22/11/2019), aksi penusukan itu terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, pada Rabu malam.

Pelaku diduga masuk melalui pintu belakang yang tidak terkunci dan menemukan korban tengah tertidur, lalu menikanya dan langsung kabur.

Jeritan Wening dari dalam kamar sontak mengagetkan penghuni rumah yang terkejut menemukan korban tergelatak bersimbah darah.

Dari penyelidikan sementara, aksi penusukan dilakukan karena sang siswa memendam rasa cinta. Namun, belakangan diketahui tak digubris oleh sang guru. Merasa bertepuk sebelah tangan, pelaku akhirnya menikam korban.

Petugas mengamankan barang bukti berupa pisau dan telepon genggam yang ditinggal pelaku. Sementara, korban saat ini dirawat intensif di Rumah Sakit Sarjito Yogyakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apakah Salah Wanita Memiliki Tubuh Kekar?

Posted: 21 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wanita bertubuh kekar kerap dikomentari negatif baik oleh sesama perempuan maupun lelaki. Situasi serupa juga dirasakan seorang pemilik akun Instagram You Look Like a Man (YLLAM) yang merupakan seorang atlet perempuan yang berkompetisi di ajang Strongman. Gelaran itu ditujukan bagi para atlet angkat beban.

Gara-gara ototnya yang besar, ia kerap mendapatkan pertanyaan tentang kewanitaannya akibat perawakan yang tak biasa. Dilansir dari Metro UK, Rabu, 19 November 2019, tak tahan menyimpannya sendiri, ia menumpahkan keluhannya yang diekspresikan melalui kalimat-kalimat sarkas di media sosial.

Terkadang, ia memasang foto perempuan berotot kekar, tapi lebih sering mengunggah gambar-gambar lucu dengan tulisan sarkas di dalamnya. Salah satu kalimat sarkas yang diunggahnya bertuliskan, "Were you abused? Is that why you want to be strong? (Apakah kamu pernah dikasari? Karena itu kamu ingin menjadi kuat?)."

Tidak disangka, akun itu menjadi viral. Pengikutnya tiap hari bertambah hingga 10.000 akun dalam tiga bulan pertama. Sang pemilik akun semakin merasa bahwa ini adalah masalah yang serius bagi wanita, terutama mereka yang bertubuh kekar.

Semakin banyak pengikutnya, semakin banyak orang dari seluruh dunia mengirim kisah-kisah ke kotak masuk @you.look.like.a.man. Mereka bahkan ikut mengirimkan tangkapan layar komentar-komentar tidak sopan di akun media sosial mereka.

Ada yang mengatakan bahwa wanita seharusnya tidak boleh pergi ke tempat gym, tidak boleh bertubuh kekar karena mereka tidak akan dicintai. Pemilik akun @you.look.like.a.man juga menyatakan hal yang sama. Ia pernah diperingatkan oleh seorang lelaki di tempat gym.

Lelaki itu mengatakan bahwa wanita bertubuh kekar tidak akan dicintai oleh para lelaki dan tidak bisa menjadi ibu yang baik. Tapi nyatanya, ia telah menikah dan hidup bahagia bersama kekasihnya selama 13 tahun.

 

Diancam

seorang wanita bertubuh kekar (dok Instagram @you.look.like.a.man/https://www.instagram.com/p/B4qSKpvgGAU/Ossid Duha Jussas Salma)

 

Kini, pengikut akun tersebut mencapai 17 ribu akun. Ia pun makin serius mengelola akun tersebut sekaligus menjadi wadah kampanye anti-perundungan yang dialami oleh para perempuan bertubuh kekar.

Dalam blog-nya, sang pemilik akun banyak berbagi pesan soal melawan perundungan yang banyak dialami oleh para atlet perempuan, khususnya mereka yang bertubuh kekar. Salah satu yang terbaru adalah cerita dari Heather MacDonald, seorang profesor Bahasa Inggris dan Sastra yang juga seorang atlet Strongman.

Ia menuturkan pengalaman buruknya saat berhadapan dengan para pem-bully di dunia maya. Tak hanya komentar verbal yang diterima, ia bahkan diancam akan dibunuh oleh salah seorang lelaki bila mereka bertemu di dunia nyata.

Namun, ia tak gentar. Menurutnya, perundungan bukanlah perilaku yang normal. Begitu pula dengan komentar-komentar negatif yang kerap dilontarkan para warganet. Maka itu, sudah semestinya mereka dikonfrontasi agar berhenti berperilaku demikian.

"It's terrible logic to tell a woman, a human for that matter, than they should just accept mistreatment. (Itu logika yang buruk mengatakan kepada seorang perempuan, seorang manusia, bahwa mereka sudah semestinya menerima saja diperlakukan salah)," tulis Heather. Jadi, ia pun melawan balik segala bentuk pelecehan. (Ossid Duha Jussas Salma)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Momen Malu Orang Pakai Baju Mirip Benda Sekitar

Posted: 21 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki selera fashion yang berbeda-beda. Kebanyakan dari mereka memilih mengenakan baju yang mereka sukai mulai dari model, warna dan juga motif.

Ya, tak selalu polos banyak orang yang gemar mengenakan pakaian bermotif setiap harinya. Mengenakan pakaian bermotif memang terkesan sebagai pribadi yang fleksibel.

Namun ada baiknya kalian berhati-hati ketika memilih mengenakan pakaian bermotif ya. Jangan sampai pakaian tersebut justru menarik perhatian banyak orang.

Artikel tentang momen orang pakai baju mirip dengan benda sekitar menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang bukti masa sekolah adalah masa yang paling indah. Sementara artikel ketiga terpopuler tentang video paru-paru menghitam.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Momen Orang Pakai Baju Mirip dengan Benda Sekitar, Malu Bukan Main

foto: 1cak

Ada baiknya kalian berhati-hati ketika memilih mengenakan pakaian bermotif ya. Jangan sampai pakaian tersebut justru menarik perhatian banyak orang. Bukan karena motifnya yang bagus tapi lantaran mirip dengan benda sehari-hari. 

Selengkapnya...

2. 8 Foto Ini Buktikan Masa Sekolah Memang Paling Indah

Doc: Brightside.me

Kelas yang paling membosankan dapat terasa seru dengan guru yang keren atau sedikit kreativitas. Tak heran, masa-masa sekolah menjadi salah satu masa yang paling dirindukan.

Selengkapnya...

3. Viral Video Paru-Paru Hitam Perokok, Ditolak Saat Didonorkan

Doc: South China Morning Post

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan paru-paru yang awalnya akan didonorkan. Namun karena kondisinya yang sangat buruk dan menghitam, paru-paru itu pun ditolak.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol: Kans Barcelona Jauhi Real Madrid

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona sudah ditunggu Leganes dalam lanjutan Liga Spanyol pekan ke-13, Sabtu (23/11/2019) WIB akhir pekan ini. Tim asuhan Ernesto Valverde itu wajib memetik tiga poin jika tak ingin disalip Real Madrid.

Barcelona saat ini masih memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan 25 poin. Jumlah itu sama dengan raihan Real Madrid yang nangkring di peringkat kedua.

Di atas kertas, kans Barcelona menang cukup besar. Pasalnya, Leganes saat ini tengah terkapar di posisi juru kunci dengan enam poin.

Di sisi lain, Real Madrid baru akan bertanding beberapa jam setelalhnya melawan Real Sociedad. Laga ini akan berlangsung di markas Madrid, stadion Santiago Bernabeu.

Moral pasukan Zinedine Zidane sedang tinggi menghadapi laga ini. Itu setelah Madrid sukses meraup empat kemenangan dari lima laga terakhir.

Selain Leganes vs Barcelona dan Real Madrid vs Sociedad, masih ada laga lain yang tak kalah seru di Liga Spanyol. Berikut jadwal selengkapnya.

 

Jadwal Liga Spanyol

Barcelona sudah ditunggu Leganes dalam lanjutan Liga Spanyol (AFP / Javier Soriano)

Sabtu 23 November 2019

03.00 WIB, Levante vs Mallorca

19.00 WIB, Leganes vs Barcelona

22.00 WIB, Real Betis vs Valencia

Minggu 24 November 2019

03.00 WIB, Real Madrid vs Real Sociedad

18.00 WIB, Espanyol vs Getafe

20.00 WIB, Osasuna vs Athletic Bilbao

22.00 WIB, Eibar vs Deportivo Alaves

Jadwal Lainnya

Senin 25 November 2019

00.30 WIB, Villarreal vs Celta Vigo

03.00 WIB, Real Valladolid vs Sevilla

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wawancara Eksklusif dengan Tokoh di Balik Film Frozen 2

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wawancara eksklusif dengan Griselda Sastrawinata, orang indonesia yg bekerja di Disney Amerika. Ia menjadi Visual Development Artist film frozen. Suaminya, Normand Lemay juga bertanggung jawab sebagai Head of Story frozen 2.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mampukah Ahok Pimpin BUMN?

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok digadang-gadang akan ditunjuk ‎sebagai direksi atau komisaris salah satu BUMN. Selama ini, paling santer Ahok akan mengisi salah satu pimpinan PT Pertamina (Persero).

Keberadaan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun diharapkan dapat memberantas praktik mafia migas diperusahaan tersebut. Mampukah Ahok memenuhi harapan?

Direktur Eksekutif Indonesia Resouces Studi‎es (Iress) Marwan Batubara mengatakan, pada awal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jilid pertama telah dibentuk Tim Reformasi Tatakelola Migas. Tim ini memberikan rekomendasi pembersihan mafia migas pada tubuh Pertamina.

"Ini terkait tim reformasi tata keola, untuk mengusut kasus korupsi dan membenahi tata kelola, sudah ada rekomendasi membersihkan itu," kata Marwan, di Jakarta, Jumat (23/11/2019).

Menurut Marwan, seharusnya pemerintah melanjutan rekomendasi yang telah dibuat oleh tim tersebut untuk memberantas mafia migas dan tidak harus mengandalkan Ahok untuk memberantasnya.

"Kenapa Presiden dia waktu direkomendasikan ada temuan tidak meneruskan. Jangan-jangan isu mafia ini untuk mengangkat Ahok untuk mendobrak," tuturnya.

 

Harus Punya Integritas

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat ngevlog pertama kali usai bebas dari penjara. (Youtube: Panggil Saya BTP)

Marwan mengungkapkan, calon pengisi jabatan direktur utama atau komisaris harus memiliki integritas tinggi. Pasanya, jika tidak memiliki integritas, dikhawatirkan akan terkontaminasi dengan praktik mafia yang‎ sudah berjalan di perusahaan pelat merah tersebut.

‎"Kalau dikatakan Ahok ingin bersih-bersih karena BUMN banyak mafia. Kalau mau menyapu halaman secara bersih, gunakan sapu bersih. Kalau pakai sapu belebotan, ya jangan harap akan bersih. Jangan-jangan lebih banyak orang yang terkontaminasi atau melanggengkan mafia migas," tandasnya.

Ini Syarat Ahok jika Ingin Masuk ke BUMN

Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama meresmikan serangkaian kegiatan peringatan HUT Ibu Kota ke-488 di Taman Fatahillah, Jakarta, Minggu (31/5/2015). Tema peringatan HUT ke-488 yakni, Jakarta modern, kreatif, dan berbudaya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anggota Komisi VI DPR RI, Marwan Ja'far, memberikan syarat jika ingin memasukkan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok ke dalam BUMN. Syarat terpenting adalah mengubah sikap, perilaku, dan tutur kata yang positif.

"Itu (mengubah sikap dan perilaku) faktor utama karena bagaimana pun Beliau pernah jadi narapidana dan masih ada laporan BPK yang belum selesai," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (20/11/2019).

Politkus Partai Kebangkitan Bangsa ini menghormati keputusan pemerintah jika nantinya menjadikan Ahok sebagai salah satu komisaris utama di BUMN. Namun, dia mengingatkan agar Ahok bisa menunjukkan sikap profesional dan kompetensinya untuk melakukan aksi bersih-bersih di tubuh BUMN.

"Sepanjang dia kompeten dan profesional dan bisa memperbaiki, ya tidak ada masalah. Nanti akan ada evaluasinya juga," ujarnya.

Selain mengomentari Ahok, Marwan juga mengapresiasi kebijakan yang sudah dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Kebijakan tersebut terkait dengan pemberhentian seluruh deputi dan sekretaris menteri BUMN.

"Itu terobosan yang berani. Kita berharap semoga terobosan ini bisa berdampak positif kepada kinerja seluruh BUMN," kata mantan Menteri Desa Tertinggal ini.

Namun Marwan mengingatkan untuk mengukur kinerja BUMN maka perlu diberikan waktu maksimal setahun ke depan. Indikator utamanya tentu saja terciptanya produktifitas kinerja BUMN yang semakin membaik sekaligus mendongkrak sektor ekonomi secara nasional.

"Tentunya sebagai indikator tak hanya sekadar angka (ekonomi) saja tapi bagaimana menjaga keharmonisan sosial untuk terwujudnya kemakmuran rakyat Indonesia secara keseluruhan," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Tukang Sayur Jualan Pakai Mitsubishi Xpander

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tukang sayur keliling biasanya menggunakan gerobal atau sepeda motor untuk menjajakan dagangannya. Kalau pun menggunakan roda empat, maka kendaraan jenis pikap yang digunakan.

Tapi belakangan ada pemandangan berbeda yang diperlihatkan oleh seorang tukang sayur. Pedagang sayur inipun menjadi viral, lantaran dia berjualan menggunakan mobil Mitsubishi Xpander.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @ReceinAja, terlihat si pedagang menggunakan Xpander berwarna hitam. Pedagang sayur laki-laki itu terlihat luwes menjajakan dagangannya kepada para ibu-ibu.

 Sayur-sayur dagangannya dia gantung-gantung di pintu bagasi dan ditata di bagasi. Tak hanya itu, interiornya terlihat ramai warna-warni lampu LED dan tak lupa hiburan musik dangdut yang mungkin berasal dari sistem audio Xpander.

Sambil berbelanja, para ibu-ibu dan beberapa anak-anak asyik berjoget. "Itu tukang sayur penghasilannya berapa daaah bisa jualana pake mobil xpander gitu? Selama ini gue salah milih karir apa gimana?" begitu cuitan akun tersebut.

Sumber: Brilio.net

 

 

Tukang Sayur Tabrak Mobil Mewah Bentley, Apa yang Terjadi?

Nasib sial dialami seorang pedagang sayur keliling di Jinan, Cina. Gerobaknya yang sudah dimodif menjadi roda tiga menabrak sebuah mobil mewah keluaran Bentley.

Tentu saja, siapa saja yang melakukan kesalahan karena menabrak akan sedikit merasa ciut nyalinya. Terlebih jika mobil yang ditabrak tergolong mobil mewah.

 

Kendati begitu, sang pemilik mobil mewah yang satu ini sempat turun untuk melihat kondisi bodi mobilnya. Menyenangkannya, ia murka atau meminta tanggung jawab dari sang penabrak.

Sebaliknya, pemilik mobil yang tidak diketahui namanya itu hanya mengatakan kepada penjual sayur untuk lebih berhati-hati saat mengemudi. Diketahui, hal itu lantaran penjual sayur tersebut kondisi tubuhnya yang tidak sempurna. Demikian dilansir Shanghaiist, Kamis (28/9/2017).

Jika melihat kondisi mobil itu sendiri memang tidak terlalu parah. Sebab, hanya bagian samping kanan mobil tersebut saja yang tergores.

Sejurus kemudian, penjual sayur yang tidak disebutkan namanya itu merasa gembira, karena peristiwa tersebut dianggap bukan sebagai masalah besar bagi pemilik Bentley.

 Sebagai tanda rasa terima kasih, sang penjual sayur itu mencoba memberikan beberapa sayuran kepada sang pemilik Bentley, tapi hal tersebut ditolaknya sembari masuk ke dalam mobil.

Namun begitu, penjual sayuran itu tak kehabisan akal, melihat kaca jendela masih terbuka lebar, dia pun melemparnya berupa sak tanggung daun bawang yang hijau dan masih segar.

 Pemilik Bentley akhirnya menerima agar dapat menghargai apa yang telah diberikan penjual sayuran.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajemen Terregra Tepis Kepemilikan Benny Tjokro di Perusahaan

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Terregra Asia Energy Tbk (TGRA) angkat suara terkait pembekuan saham (suspensi) yang menimpa saham perseroan dari otoritas bursa.

Seperti diketahui, saham TGRA sempat dihentikan sementara (suspensi) pada 18 November 2019. Kemudian saham perusahaan dibuka kembali pada tanggal 20 November 2019.

Lalu, saham TGRA kembali suspensi pada tanggal 21 November 2019.

Sepanjang tahun berjalan, saham perseroan anjlok sebesar 80,25 persen menjadi Rp 158 per saham. Sedangkan dalam sebulan terakhir, saham Terregra masih tertekan 82,35 persen.

"Secara fundamental kinerja kami baik. Penurunan harga saham tidak mencerminkan kinerja fundamental yang sebenarnya," tutur Corporate Secretary Terregra Asia Energy  Christin Suwito di Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Pihaknya juga menepis berita yang santer di pasar modal bahwa investor kawasan Benny Tjokro memiliki saham di Terregra.

"Tidak ada satu lembar pun saham milik Bentjok di Terregra. Saya sudah mengecek semuanya dan bisa saya pastikan bahwa tak ada nama Bentjok dalam struktur kepemilikan saham perusahaan," ujarnya.

Dia berharap, suspensi saham Terregra bisa segera dibuka agar saham perusahaan dapat kembali diperdagangkan oleh investor.

"Kalau dilihat dari rasio harga, saham Terregra sudah sangat murah. Kami berharap suspensi saham bisa segera dibuka," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rina Nose Gemetar Bertemu Najwa Shihab

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rina Nose kembali aktif di dunia komedi Tanah Air setelah menikah di Belanda beberapa waktu lalu. Kali ini, ia mendapat tantangan menjadi Najwa Shihab di program Opera Van Java.

Berdandan dan bergaya seperti Najwa Shihab, Rina Nose membawakan segmen Mata Rina. Itu terlihat di kanal YouTube, pada Selasa (19/11/2019).

Di tengah acara, Najwa Shihab muncul. Munculnya Najwa Shihab membuat kaget bukan saja Rina Nose tapi juga Parto dan Denny Cagur.

Rina Nose sampai salah tingkah kala melihat Najwa Shihab berada di sampingnya.

 

Kebingungan

Rina Nose. (sumber: Instagram.com/rinanose16)

Wajah Rina Nose pun memerah. Tak bisa menahan diri, artis kelahiran Bandung, 16 Januari 1984, pun berteriak.

"Ini dusta? Sepertinya ini dusta," ujar pemilik nama asli Nurina Permata Putri, sembari tertawa kebingungan.

 

Gemetar

Rina Nose. (Instagram @dreamwaistshaper/@rinanose16)

Najwa Shihab dan Rina Nose kemudian berpelukan. Rina Nose bahagia bertemu dengan putri Quraish Shihab ini.

"Aduh, gue gemetaran gimana, dong?" celetuk bintang film Sehidup (Tak) Semati.

 

Diambil Alih

Setelah itu, Najwa Shihab langsung mengambil alih acara. "Ini aku ambil alih aja, deh, yang aslinya udah dateng," ujar Najwa Shihab.

"Iya nggak apa-apa ambil alih aja," sambut Rina Nose.

 

Merayu

Setelah melontarkan pertanyaan kepada Parto, Najwa Shihab pun memberikan pernyataan mengenai Denny Cagur yang dianggap bermuka dua.

Najwa Shihab pun meminta digombali Denny Cagur. Saat dirayu Denny, wajah Najwa Shihab memerah.

Tak mau kalah, Najwa Shihab ikut mengombal. Rayuan Najwa Shihab membuat Denny pingsan, tapi itu hanya pura-pura saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oppo Siapkan Chip M1

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Oppo dilaporkan akan mengikuti langkah para manufaktur besar seperti Samsung, Apple, dan Huawei, dengan merilis mobile chip yang didesain sendiri. Rencana ini disebut akan membantu mengembangkan bisnis Oppo di masa depan.

Dilansir GSM Arena, Jumat (22/11/2019), ini bukan kali pertama laporan serupa beredar di ranah internet. Namun laporan kali ini diperkuat dengan merek dagang yang bersangkutan.

Berdasarkan merek dagang yang diajukan di European Union Intellectual Property Office (EUIPO), chip Oppo akan memiliki nama Oppo M1.

Menurut suumber, Oppo telah merekrut sejumlah engineer dari Speadtrum dan MediaTek untuk mengerjakan chip tersebut.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Oppo tentang chip tersebut. Informasi tentang perangkat yang akan menggunakannya pun belum diketahui.

Kendati demikian, Oppo dilaporkan akan mengungkapkan lebih banyak hal tentang chip itu di Mobile World Congress (MWC) 2020.

MWC 2020 sendiri akan digelar pada 24 - 27 Februari di Barcelona, Spanyol.

IDC: Oppo dan Vivo Kuasai Pasar Smartphone Indonesia Q3 2019

OPPO Experience Store di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Liputan6.com/Keenan Pasha

Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) merilis laporan tentang pengiriman smartphone di Indonesia pada kuartal III (Q3) 2019. Pengiriman smartphone pada Q3 2019 mengalami pertumbuhan 1,8 persen Year-on-Year (YoY).

Dikutip dari keterangan resmi IDC Indonesia, Oppo menguasai pasar smartphone Indonesia dengan 26,2 persen. Peringkat kedua ditempati vendor asal Tiongkok lain, Vivo, dengan 22,8 persen pangsa pasar.

Oppo memegang pangsa terbesar di segmen low-end dengan kisaran harga USD 100 hingga USD 200, dan mid-range USD 200 - USD 400. Kontribusi terbesar diberikan oleh smartphone yang baru diluncurkan seperti model K3, A5, dan A9.

Pangsa Pasar Vivo

Vivo V17 Pro resmi diluncurkan hari ini, Senin (23/9/2019), di Jakarta. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Vivo pun memiliki pangsa yang siginifikan di kelas menengah dengan model Z1 Pro. Smartphone tersebut dinilai sukses menarik pembeli dengan spesifikasi, dan fitur menarik berkat harga yang wajar.

Samsung berada di peringkat ketiga dengan 19,4 persen pangsa pasar. Penurunan pangsa pasar Samsung disebut karena pembaruan seri A yang terlalu cepat.

"Samsung terkena imbas dari merek-merek asal Tiongkok, dan kehilangan pangsa cukup signifikan karena perbaharuan seri A (dengan seri As terbaru) terjadi terlalu cepat setelah peluncuran sesi A yang sukses di awal tahun ini," jelas IDC dalam laporannya.

Peringkat empat dan lima ditempati oleh Realme dan Xiaomi, dengan masing-masing 12,6 dan 12,5 persen pangsa pasar.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ungkap Modus Pengelola Judi untuk Menarik Masyarakat di Surabaya

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menangkap 80 orang saat menggerebek dua tempat perjudian di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, polisi mengungkapkan pengelola menyebarkan kupon ke masyarakat untuk bermain di tempatnya.

"Modusnya dari pengelola menyebarkan kupon untuk menarik masyarakat bermain di arena permainan itu," ujar Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Festo Ari Permana, seperti dikutip dari Antara, Jumat (22/11/2019).

Kupon yang dibagikan itu bisa digunakan untuk bermain di tempat perjudian tersebut dan mendapat hadiah.

"Setelah bermain, para pemain bisa membeli kupon lagi dengan sejumlah uang dan mendapat hadiah ponsel dan boneka. Namun, hadiah tersebut ditawarkan untuk ditukarkan menjadi uang agar pemain ketagihan dan bermain lagi," kata dia.

Dari dua penggerebekan tempat judi itu, polisi juga menyita uang Rp 22 juta selain mengamankan sekitar 80 orang.

"Dari TKP (tempat kejadian perkara), kami mengamankan sejumlah uang Rp 22 juta. Sedangkan omzet per bulan masih akan kami dalami," ujar dia.

Mengenai siapa pemilik tempat perjudian itu, polisi belum bisa memastikan dan akan memeriksa saksi-saksi terlebih dahulu. Namun, dari penggerebekan turut diamankan dua orang warga negara Malaysia yang diduga sebagai pengelola.

Polda Jatim Gerebek Dua Tempat Judi di Surabaya

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Timur menggerebek dua tempat perjudian di kawasan Wiyung dan Bratang, Surabaya, Jawa Timur, Kamis malam dan mengamankan sekitar 80 orang.

"Malam ini, sesuai perintah Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, kami melakukan kegiatan pada dua tempat yang diduga ada unsur perjudian yakni di kawasan Wiyung dan Galaxi," ujar Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaludin di lokasi penggerebekan di kawasan Wiyung, Surabaya, seperti dilansir Antara, Jumat, 22 November 2019.

Djamaludin mengatakan, penggerebekan di dua tempat perjudian itu dipimpin langsung oleh Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arief Setyawan dan Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol R Pitra Andrias Ratulangie.

"Ada sekitar 50 orang yang diamankan di sini (Club Zone Wiyung). Sementara di Galaxi Zone Bratang diamankan sekitar 30 orang," ucapnya.

Dia mengatakan, kedua tempat perjudian tersebut berkedok arena ketangkasan, tapi setelah digerebek tempat-tempat tersebut menyediakan arena untuk berjudi.

"Izinnya arena ketangkasan. Tadi Anda lihat ada beberapa pemain, ada beberapa mesin. Ada ponsel dan ada angka," ujar dia.

Permainannya, kata dia, yakni pemain membeli koin dan mendapat kartu, lalu kartu tersebut diberikan kasir dan ditukar dengan boneka dan ponsel.

"Selanjutnya, ponsel dikembalikan ke kasir untuk ditukar dengan uang tunai," kata jenderal polisi bintang satu tersebut.

 

Masih Dalami Omzet

Ilustrasi Penangkapan. IOL

Ia juga mengungkapkan aktivitas di tempat perjudian itu telah berlangsung selama dua bulan. Sedangkan untuk omzet, pihaknya masih mendalaminya lebih lanjut.

Mengenai siapa pemilik arena perjudian tersebut, Djamaludin juga mengatakan masih akan didalami, tapi dari penggerebekan tersebut turut diamankan dua orang warga negara Malaysia.

"Di dalam ada yang berpaspor Malaysia. Sementara dia mencari teman, tapi sepertinya dia pengelola," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teman Suka Sebar Informasi Hoaks, Rudiantara: Kick Saja

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sering merasa terganggu dengan teman yang suka menyebarkan informasi palsu (hoax), Menteri Komunikasi dan Informatika era Kabinet Kerja, Rudiantara punya solusi tepat. 

Saran Rudiantara, yakni cukup dengan kick aja (blokir atau berhenti mengikuti/unfollow) teman yang bersangkutan. 

"Kalau postingannya hoax semua, ya kick aja. Menyebarkan informasi palsu itu merugikan lho," ucap Rudiantara dalam acara konferensi pers Humanize Us di Plaza Indonesia, Jakarta, kemarin (21/11/2019).

"Pertama, orang itu berdosa karena menyebarkan informasi yang tidak benar. Kedua, pulsa kita bakal tersedot untuk membuka postingan, yang ternyata hoax."

Tidak Harus Merespons Semua Informasi

Saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, kemarin (21/11/2019), Menteri Komunikasi dan Informatika era Kabinet Kerja, Rudiantara punya solusi untuk teman yang suka menyebarkan informasi palsu (hoax). (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Kita memang perlu memilih dan memilah informasi yang diterima. Hal ini sebagai bentuk penerapan literasi digital. 

"Literasi digital itu sederhana. Kita tidak harus merespons semua informasi yang masuk, terlebih lagi di grup chat yang banyak sekali postingan," Rudiantara menegaskan.

"Di grup chat, kita banyak menerima informasi yang belum tentu benar."

Literasi digital, lanjut Rudiantara, perlu diedukasi ke publik, khususnya anak muda milenial agar mampu memanfaatkan media sosial dengan bijak.  

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pak Guru Rasino, Berjuang dalam 'Kegelapan' Melestarikan Gamelan

Posted: 21 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Solo - Kedua tangannya yang masing-masing memegang tabuh begitu lihai memainkan salah satu instrumen gamelan, gender. Walau tak bisa melihat, pria ini begitu hafal dengan nada dan ketukan nada pentatonis.

Pria ini adalah Rasino. Saat itu, Rasino sedang mengiringi siswa kelas 1 Jurusan Perdalangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Surakarta melaksanakan ujian pentas wayang kulit.

Rasino, saban harinya menjadi pendidik untuk kelas Jurusan Perdalangan SMKN 8 Surakarta. Meski statusnya masih Guru Tidak tetap (GTT), ia begitu gembira menjalani hari-harinya sebagai pendidik. Keterbatasannya sebagai penyandang difabel tunanetra tidak menyurutkan semangatnya menjalani peran sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Perjuangan Rasino menjadi guru tak kenal lelah. Sebelum dia menjadi guru SMKN 8 Surakarta, ia pernah menjadi guru di Sasana Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra (SCPRN) Purworejo selama delapan tahun sejak 2003 hingga 2011. Ia melakoni tugas itu karena dilandasi rasa keikhlasan hati yang begitu mulia. Padahal, jarak yang harus ditempuh Rasino lumayan jauh dari rumahnya di Ngringo, Palur, Karanganyar.

"Saya berangkat dari rumah di Palur (Karanganyar) jalan kaki ke terminal (sekitar 2 km). Lalu dari terminal ke Stasiun Balapan naik angkutan umum. Kemudian dari Balapan ke Purworejo naik kereta Prameks, " kata dia mengenang perjuangannya untuk tetap melestarikan gamelan tradisional.

Tak Keluhkan Gaji Kecil

Rasino sedang mengajar gamelan kepada para siswanya di Jurusan Perdalangan SMKN 8 Surakarta.(Liputan.com/Fajar Abrori)

Rasino tak mengajar di Purworejo setiap hari, tetapi dua kali dalam sebulan harus bolak-balik Solo-Purworejo yang berjarak sekitar 110 kilometer. Sekali mengajar di Purworejo bisa tiga hari.

Ia sengaja mengambil pekerjaan itu untuk membiayai kuliahnya di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.  Walaupun awalnya hanya digaji Rp 150 ribu per bulan, tetapi Rasino tetap bersyukur dan tidak mengeluh dengan gaji kecil itu.

"Besar kecil honor yang kita terima itu relatif. Mensyukuri semua yang diberikan Allah. Yang terpenting niatnya ikhlas," ujar Rasino.

Selama mengajar di Purworejo, Rasino harus berjibaku untuk lulus dari kuliahnya di Jurusan Karawitan ISI Surakarta. Belum lagi masalah keuangan yang menderanya. Ia menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 11 tahun. Maklum menuntaskan kuliah adalah salah satu cita-citanya.

"Sekolah tinggi, membantu saya menempa emosi. Difabel yang bersekolah tinggi bisa memiliki kepercayaan diri. Jadi difabel itu bukan menjadi beban orang lain," kata dia.

Perjuangan Meraih Mimpi

Rasino, guru penyandang tuna netra sedang dituntun muridnya menuju ruang praktik jurusan perdalangan di SMKN 8 Surakarta.(Liputan6com/Fajar Abrori)

Rasino lahir dalam keluarga dengan kondisi ekonomi yang terbatas. Ia tunanetra sejak lahir. Oleh keluarga, ia dimasukkan di SD-LB Purworejo. Tahun 1990-1992, ia menimba ilmu di SRPCN Purworejo. Mulai dari sini lah ia mulai menggemari musik.

"Awalnya suka musik barat, ngeband gitu. Saya bisa main gitar, keyboard, bass, hingga piano. Lama senang musik modern, hati kecil berbisik, kok kalau saya senang musik ini, nanti lama-lama musik tradisional bisa hilang," kata Rasino yang lihai memainkan 15 instrumen gamelan ini.

Selepas dari SCRPN, ia melanjutkan sekolah di SMA Kretek 1 Bantul. Namun, karena kurang cocok, Rasino memilih pindah ke SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar. Setelah lulus, Rasino pun memutuskan untuk mlenajutkan ke jenjang perguran tinggi dengan memilih kuliah di Jurusan Karawitan ISI Surakarta.

Ia pun tidak ingin pilihan jalan hidupnya itu membebankan orangtua sehingga untuk mencukupi biaya kuliahnya, dia kerja serabutan seperti menjadi tukang pijat dan lainnya.

"Saya ingin menunjukkan bahwa keterbatasan tak menghalangi saya untuk bisa mandiri," ujar lelaki kelahiran 17 Juli 1975. 

Usai lulus dari ISI, ia harus berjibaku mengajar dari satu sekolah ke sekolah lain. Ia menjadi guru honorer di SD Jagalan dan SLB A YKAB.

Sebelumnya, dia juga pernah menjadi pengajar di SD Kentingan dan SD Tugu Solo. Ia menjalani dengan keikhlasan. Bahkan, ia tetap jalan kaki dan naik bus untuk melaksanaka tugasnya menjadi guru.

"Gaji honorer waktu itu, Rp150 ribu per bulan untuk masing-masing sekolah. Biasanya saya mengajar sekali dalam sepekan," jelasnya.

Diangkat Menjadi Guru Tidak Tetap

Rasino dan siswanya sedang memainkan gamelan untuk mengiri ujian perdalangan di SMKN 8 Surakarta.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Rasino mulai menemukan titik terang ketika istri pengelola sanggar dalang cilik Sarotama menawarinya untuk masuk menjadi pengiring gamelan di SMKN 8 Surakarta. Setelah itu, status karier pun naik menjadi Guru Tidak Tetap (GTT) di sekolah yang dulunya bernama Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Surakarta.

"Alhamdulilah kemudian status saya meningkat menjadi GTT pada November 2015," ujar dia.

Dengan status pekerjaan sebagai pengajar tidak tetap di sekolah tersebut, kini Rasino lebih bersyukur, pasalnya gaji yang diterimanya juga tidak sekecil pada waktu masih mengajar di sekolah-sekolah sebelumnya. Bahkan, berkat honor sebagai guru gamelan itu di SMKN 8 Surakarta, kini Rasino sudah berhasil membeli rumah meskipun dengan cara kredit.

"Alhamdulillah dengan pekerjaan sebagai guru ini sekarang saya sudah punya rumah yang belum lunas alias perumnas. Lumayan lah gaji guru yang setara dengan UMR Provinsi ini sudah bisa untuk mencukupi kebutuhan dan membayar kredit rumah," ucapnya bangga.

Meskipun sudah mengajar di SMKN 8 Surakarta, tetapi Rasino ternyata juga masih mengajar gamelan di SLB YKAB Surakarta yang terletak di Jagalan, Jebres, Solo. Ia sebenarnya ingin melepas pekerjaan di sekolah tersebut, tetapi pihak pengurus SLB YKAB sangat berharap dia masih bergabung dengan tim pengajar di sekolah itu.

"Sebenarnya saya mau lepas tapi mereka tidak mau karena ya belum ada tenaga penggantinya. Selain itu, kebijakan dari sekolah sini juga memintanya untuk tidak melepas dulu karena kan belum tentu mendapatkan orang yang bersedia untuk mengabdi seperti panjenengan," kata dia.

Menjadi Inspirasi Siswa

Rasino penyandang tuna netra yang menjadi guru gamelan di SMKN 8 Surakarta sedang memainkan instrumen gender.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Walaupun memiliki keterbatasan tidak bisa melihat, tetapi Rasino mengaku selama menjadi guru di jurusan perdalangan ini belum pernah mengalami pelecehan dari para muridnya. Malahan mereka memberikan rasa hormat yang tinggi kepadanya. Alhasil, hubungan yang tercipta antara guru dan murid seperti halnya cinta kasih dan kasih sayang antara orangtua dengan anak.

"Sama sekali tidak (dilecehkan). Justru saya mendapatkan penghargaan yang luar biasa dari para siswa SMK ini. Mereka itu benar-benar tidak menganggap remeh kepada saya. Justru menurut pengakuan mereka maupun civitas malah menganggap saya itu sebagai sumber inspirasi," ujar dia.

Baginya, dengan memiliki kemampuan menguasai permainan instrumen gamelan memang menjadi nilai tambah. Dengan kelebihan yang dimilikinya itu, Rasino tidak menjadi sombong tetapi malah kian menunduk dengan penuh kerendahan hati. Ia pun berharap dengan kemampuan menguasai gamelan diharapkan akan memberikan manfaat kepada orang lain.

"Saya cuma ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain begitu saja. Jadi saya kepengin setiap orang yang kenal dengan saya itu ada manfaat yang bisa diambil dari diri saya," harapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Tangsel Harap Guru Silat dan Veteran Dapat BPJS Ketenagakerjaan

Posted: 21 Nov 2019 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berharap kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) bisa diperluas bagi kalangan veteran dan bagi lebih banyak pekerja sektor informal. Ini terutama bagi pekerja non-ASN yang membantu tugas pemerintah di tengah masyarakat.

Pemkot Tangsel pun mengungkap sudah mengusulkan perluasan definisi bagi kepesertaan BPJS TK. Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berharap kepesertaan bisa meng-cover lebih banyak unsur.

"Kami berpikir para veteran di Tangerang Selatan yang sudah sepuh, yang menegakan republik juga bisa di-cover jaminan hari tuanya," ujar Benyamin di Tangerang Selatan, Jumat (22/11/2019).

Menurut Benyamin, segala pekerja yang memberikan bantuan ke pemerintah layak ikut ikut serta pada program BPJS Ketenagakerjaan. Ia mencontohkan seperti petugas siskamling, marbot masjid, hingga tukang gali kubur.

Selain itu, Benyamin juga menampung permintaan dari guru-guru silat yang turut mengarapkan kepesertaan BPJS-TK.

"Sekarang guru silat juga minta diperlakukan sama. 'Pak kami kan guru silat kan membantu juga,'" ucap Benyamin yang berharap Direktur Kepesertaan BPJS TK E Ilyas Lubis untuk membantu perluasan cakupan BPJS Ketenagakerjaan.

Veteran yang Ditugaskan

Petugas melayani warga pengguna BPJS di di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (04/5). BPJS menargetkan 22 juta tenaga kerja dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ilyas pun menyebut BPJS TK siap melindungi pekerja sektor non-ASN yang membantu tugas pemerintah. Pemerintah pun didorong mendayakan kalangan seperti veteran agar eligibile mendapat perlindungan BPJS-TK.

"Kalau veteran itu masih ada pekerjaan yang ditugaskan pemerintah kota seperti menjadi marbot, mungkin juga ditugaskan Pak Wakil Walikota atau Walikota untuk membina dan ada sedikit honor, nah itu sudah dalam kategori bekerja dan sudah bisa dilindungi," ucap Ilyas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Gempi dan Gading Marten Akhirnya Bertemu HONNE, Seru Banget

Posted: 21 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gempita Nora Marten sempat membuat trending media sosial pada bulan Agustus lalu. Lagu "Location Unknown" yang dipopulerkan band indi asal London, HONNE, langsung menjadi trending. Bermula dari video putri Gading Marten, Gempita Nora Marten di Instagram yang dengan lancar menyanyikan lagu itu. 

Warganet bahkan ramai-ramai menulis komentar disertai tagar #garagaragempi. Tagar itu pun sukses menjadi trending topics hingga direspons langsung oleh personel HONNE. Menurut Gading Marten, personel band HONNE mengirimkan pesan melalui direct message di Instagram. HONNE menyatakan ingin bertemu dengan Gempita.

Ternyata kesempatan untuk bertemu itu pun akhirnya tiba. Honne yang menggelar konser di Jakarta pada Kamis (21/11/2019) malam kemarin terlihat menemui Gempi dan Gading Marten. Lewat akun Instagram pribadinya, Gading pun membagikan momen keseruan Gempi bertemu dengan HONNE. Mulai saling menyapa, bernyanyi bersama hingga bermain di belakang panggung. Gempi pun juga mendapatkan hadiah dari band asal Inggris tersebut. 

Penasaran seperti apa keseruan Gempi dan Gading Marten saat bertemu HONNE? Berikut ini 7 potret momen mereka dirangkum dari Instagram @gadiiing oleh Liputan6.com, Jumat (22/11/2019). 

1. Sempat di-notice pada Agustus lalu, akhirnya HONNE menepati janjinya bertemu dengan Gempi dan Gading.

Gempi yang sebelumnya dinotice oleh Honne, akhirnya bertemu dan bermain bersama di backstage. (Sumber: Instagram/@gadiiing)

2. Kesempatan in terjadi saat HONNE menggelar konser di Jakarta pada Kamis (21/11) kemarin.

Gempi yang sebelumnya dinotice oleh Honne, akhirnya bertemu dan bermain bersama di backstage. (Sumber: Instagram/@gadiiing)

3. Kesempatan ini pun tak dilewatkan Gading untuk mengabadikan momen istimewa tersebut.

Gempi yang sebelumnya dinotice oleh Honne, akhirnya bertemu dan bermain bersama di backstage. (Sumber: Instagram/@gadiiing)

4. Bahkan Gempi pun diajak ke panggung untuk bertemu dengan band asal London tersebut sebelum konser dimulai.

Gempi yang sebelumnya dinotice oleh Honne, akhirnya bertemu dan bermain bersama di backstage. (Sumber: Instagram/@gadiiing)

5. Mereka tampak bernyanyi bersama nih!

Gempi yang sebelumnya dinotice oleh Honne, akhirnya bertemu dan bermain bersama di backstage. (Sumber: Instagram/@gadiiing)

6. Meski batal duet di panggung, HONNE mengajak Gempi bernyanyi bareng di backstage.

Gempi yang sebelumnya dinotice oleh Honne, akhirnya bertemu dan bermain bersama di backstage. (Sumber: Instagram/@gadiiing)

7. Gading Marten juga menuliskan caption di Instagramnya, bahwa dirinya sangat bangga dengan putri cantiknya.

Gempi yang sebelumnya dinotice oleh Honne, akhirnya bertemu dan bermain bersama di backstage. (Sumber: Instagram/@gadiiing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Tertekan Akibat Dukungan AS ke Demonstran Hong Kong

Posted: 21 Nov 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan menjelang akhir pekan ini. Pasar tampak masih khawatir atas status negosiasi perdagangan antara China dan Amerika Serikat.

Mengutip Bloomberg, Jumat (22/11/2019), rupiah dibuka di angka 14.100 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.091 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.095 per dolar AS hingga 14.100 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 2,02 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.100 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.112 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan diperkirakan terkoreksi yang dipengaruhi sentimen eksternal.

"Dalam perdagangan hari ini rupiah akan melemah karena goncangan eksternal yang terlalu kuat," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Dukungan kongres AS pada demonstran di Hong Kong membuat investor berspekulasi akan mempersulit prospek untuk kesepakatan perdagangan AS-China yang akan berlangsung pada bulan ini.

Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan menandatangani undang-undang yang mendukung demonstran di Hong Kong.

 

Negosiasi

Teller menunjukkan mata uang dolar AS di Jakarta, Selasa (15/10/219). Hari ini rupiah ditutup melemah terhadap dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pasar tampak masih khawatir atas status negosiasi perdagangan antara China dan Amerika Serikat.

Wakil Perdana Menteri China Liu He telah mengundang Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer ke Beijing untuk pembicaraan lebih lanjut akhir bulan ini dan AS kemungkinan akan menunda tarif baru yang dijadwalkan Desember bahkan jika tidak ada kesepakatan pada saat itu.

Ibrahim memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.075 per dolar AS hingga 14.140 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Zodiak Paling Sabar Menghadapi Pasangan Moody, Ada Kamu?

Posted: 21 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Suasana hati alias mood memang sangat berpengaruh aktivitas sehari-hari seseorang. Dalam hubungan, mood pasangan bahkan bisa mempengaruhi mood satu sama lain. Tak heran jika salah satu sedang bad mood, pasti nanti ujungnya adalah pertengkaran. Pasti sebagian dari kamu punya pasangan yang moody atau pernah pacaran dengan orang moody.

Moody adalah suasana hati, pikiran, dan emosi yang mudah berubah-ubah. Orang yang memiliki kepribadian yang moody memiliki suasana hati yang mudah berubah. Mereka memiliki perasaan yang labil, mudah tersinggung, dan juga sensitif.

Entah karena suatu penyebab yang jelas ataupun tidak, orang yang moody dapat berubah perasaan atau emosinya. Semua tindak-tanduk dan perkataan didasari oleh mood atau suasana hati yang mereka alami. Memang tidak mudah untuk menangani pasangan yang moody.

Namun ternyata, ada beberapa zodiak yang memiliki kesabaran yang luar biasa, bahkan dalam menghadapi pasangan yang moody. Kira-kira siapa saja zodiak yang paling sabar ini? berikut 5 zodiak paling sabar menghadapi pasangan moody yang Liputan6.com lansir dari Your Tango, Jumat (22/11/2019).

1. Libra

Ada sejumlah tanda yang dapat menggambarkan seorang pria ingin menjalani hubungan serius denganmu. Penasaran apa saja? (Foto: Unsplash)

Libra adalah salah satu zodiak yang paling punya pikiran rasional. Tapi mereka sadar bahwa dalam suatu hubungan asmara hal itu tidak bisa digunakan sepenuhnya. Termasuk ketika suasana hati pacar kerap berubah. Mereka akan tetap tenang menghadapinya. Libra yakin, keseimbangan dalam menjalin sebuah hubungan asmara bisa tercipta ketika saling menerima.

2. Scorpio

ilustrasi pasangan cemburu/Photo by Seth Reese on Unsplash

Meski terlihat galak, Scorpio sebenarnya adalah orang yang cukup penyabar. Selain itu, zodiak berlambang kalajengking ini juga sosok yang pengertian. Memang mereka akan kewalahan menghadapi pasangannya. Namun, mereka tahu dengan konsekuensi yang dipilih. Mau bagaimana pun, Scorpio akan berusaha memaklumi sifat menyebalkan pasangannya. Tak heran jika terkadang hal itu justru buat pasangan merasa bersalah karena terlalu moody.

3. Cancer

ilustrasi pasangan zodiak/Photo by Pedro Sandrini from Pexels

Zodiak satu ini terkenal memegang prinsip dengan kuat. Hal itu yang membuatnya tahu cara berjuang mempertahankan seseorang. Tidak heran jika Cancer dikenal sebagai pribadi yang setia. Selain itu, mereka juga mampu mengendalikan emosi yang baik, sehingga mampu menenangkan pasangan yang moody.

4. Capricorn

ilustrasi pasangan/Photo by Ryan Jacobson on Unsplash

Capricorn tahu betul bagaimana cara membawa diri. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai sosok pekerja keras. Itulah yang membuat Capricorn juga penyabar. Mereka akan tetap tenang dan berusaha memahami kekurangan yang dimiliki pasangannya.

5. Taurus

ilustrasi pasangan/Photo by Relevante design on Unsplash

Berbeda dengan beberapa zodiak di atas, Taurus masuk dalam golongan zodiak yang buruk dalam mengendalikan diri. Namun, ketika Taurus sudah menaruh hatinya kepada seseorang, apa pun akan dilakukannya. Termasuk berusaha mempertahankan hubungan yang dijalaninya ketika memiliki pasangan yang moody. Taurus tahu waktu yang tepat untuk harus berbicara dan diam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Real Madrid Tak Peduli Selebrasi Kontroversial Gareth Bale

Posted: 21 Nov 2019 08:35 PM PST

Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku takkan mempedulikan selebrasi kontroversial Gareth Bale. Pelatih asal Prancis ini hanya fokus pada performa dan kebugaran Bale, ketimbang selebrasinya bersama Timnas Wales.

Winger berusia 30 tahun tersebut bermain sejak menit awal saat Wales bersua Hungaria pada laga terakhir Grup E kualifikasi Piala Eropa 2020, di Cardiff City Stadium, Selasa (19/11/2019) lalu.

Meski tak mencatatkan namanya di papan skor, Gareth Bale menjadi kreator gol Aaron Ramsey pada menit ke-15. Ramsey kembali membobol gawang Hungaria pada menit ke-47, setelah meneruskan umpan dari Kieffer Moore.

Timnas Wales menutup laga dengan kemenangan 2-0. Hasil tersebut membuat Wales melenggang ke putaran final Piala Eropa 2020 dengan status runner-up Grup E, di bawah Kroasia yang sudah lebih dulu dipastikan lolos.

Selepas pertandingan, Gareth Bale bersama pemain Timnas Wales lainnya merayakan keberhasilan tersebut. Ketika melakukan selebrasi, mantan pemain Tottenham Hotspur itu membentangkan bendera Wales dan tulisan yang memantik kontroversi.

Dalam foto yang beredar viral, terlihat Gareth Bale berpose dan tertawa lebar sambil memegangi bendera bertuliskan "Wales. Golf. Madrid. In that Order (sesuai urutan)".

Tak Acuhkan Aksi Gareth Bale

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane melihat kiper Luca Zidane dan Gareth Bale berlatih di fasilitas pelatihan Valdebebas di Madrid (15/3). Real Madrid akan bertanding melawan Celta Vigo pada lanjutan La Liga Spanyol. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Sontak, bendera nyeleneh itu jadi perbicangan, khususnya di Spanyol mengingat hubungan Bale saat ini dengan Real Madrid tak lagi harmonis. Publik juga mengetahui, jika si pemain punya hobi main golf.

Jadi, kira-kira seperti itulah prioritas Bale. Timnas Wales, main golf, baru Real Madrid.

Kendati El Real hanya prioritas terakhir, aksi Gareth Bale tersebut tak diacuhkan oleh Zidane. Baginya yang terpenting adalah Bale berada dalam performa terbaik dan kondisinya bugar.

Sebelum memperkuat Timnas Wales, Bale dibekap cedera betis. Akibat cedera itu, dia absen selama 18 hari dan melewatkan enam pertandingan yang dijalani Madrid. 

Zidane juga menganggap selebrasi kontroversial itu tidak pernah terjadi, dan mengizinkan Bale tetap menjalani latihan bersama Madrid. Zizou tidak akan memberikan hukuman kepada pemain bernomor punggung 11 itu.

Alami Situasi Sulit

Gelandang Real Madrid Gareth Bale (kanan) mendapat instruksi dari pelath Zinedine Zidane pada laga melawan Legia Warsawa di Pepsi Arena, Warsawa, Rabu (2/11/2016). (AFP/Janek Skarzynski)

Gareth Bale memang tengah mengalami situasi sulit di Real Madrid. Sejak Zinedine Zidane kembali duduk di kursi pelatih El Real pada 11 Maret 2019, Bale mulai terpinggirkan dari tim inti.

Bahkan, Zidane mengaku tak membutuhkan tenaga Bale dan mempersilahkan sang pemain untuk angkat kaki dari Santiago Bernabeu pada bursa transfer musim panas 2019.

Namun pada akhirnya, Gareth Bale tetap pemain Real Madrid. Meski begitu, hubungan Bale dengan Zidane masih belum harmonis.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Rizki Hidayat / Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 22/11/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edric Tjandra Ungkap Alasan Istrinya Melahirkan di Tanggal Cantik

Posted: 21 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan Edric Tjandra dan istri, Venny, akhirnya terlengkapi dengan kelahiran sang buah hati, Abigail Tjandra. Bayi mungil itu lahir di tanggal cantik 19 November 2019.

Istri Edric Tjandra melahirkan melalui persalinan cesar. Itu sebabnya mereka bisa memilih tanggal cantik untuk kelahiran sang buah hati.

"Dokter kasih tanggal dari 17 November sampai 28 November. Dari tanggal itu kami pikir tanggal 19 aja, karena saat itu saya lagi bisa nemenin juga," kata Edric Tjandra, di Rumah Sakit Grand Family, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Kamis (21/11/2019).

"Nentuin tanggal itu juga sebenarnya juga bagus aja, enggak ada efek di belakang tanggal, semua hari baik buat kita. Tapi memang bagus tanggalnya kayaknya 11 11 19," ia melanjutkan.

 

Takut Tak Bisa Mendampingi

Foto Gemas Abigail, Anak Pertama Edric Tjandra (sumber: instgaram/edrictjandra)

Sejak awal Edric Tjandra sudah merekomendasikan istrinya untuk melahirkan cesar. Itu dikarenakan Edric tengah memiliki pekerjaan padat, hingga khawatir tak bisa mendampingi istri saat kontraksi.

 

Kasihan

Foto Gemas Abigail, Anak Pertama Edric Tjandra (sumber: instgaram/edrictjandra)

"Kami pikir gini, cesar itu kan bisa ditentukan tanggalnya. Kalau misalnya lahiran normal kasihan istri saya kalau kontraksi. Aduh kontraksi, terus gue enggak ada di rumah kasihan dia," jelasnya.

 

Proses Melahirkan Mudah

Edric Tjandra memaparkan, proses kelahiran sang istri juga sangat mudah. Tindakan operasi hanya memakan waktu 30 menit saja.

"Setelah baby-nya lahir, langsung dia masuk recovery room, saya lihat baby-nya. Jadi saya enggak boleh masuk ke ruang operasinya, tapi saya lihat (bayinya)," papar presenter berusia 34 tahun tersebut.

 

Masih Tak Menyangka

Hingga saat ini Edric Tjandra masih tidak menyangka telah menyandang status sebagai ayah. Di sisi lain tentunya juga ia sangat bahagia dengan peran barunya itu.

"Saya baru dua hari jadi ayah, enggak tahu siap apa enggak, harus siap. Biasanya megang anak orang, megang anak sendiri rasanya kok kayak apa yah, beda banget," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Rayu Jepang Tambah Investasi ke Indonesia

Posted: 21 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima kunjungan mantan Perdana Menteri Jepang periode 2007–2008 Yusuo Fakuda yang juga Ketua Asosiasi Jepang–Indonesia, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, pada Kamis (21/11/2019) kemarin. Pertmuan ini salah satunya membahas peluang peningkatan investasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pertemuan tersebut selain untuk mempererat hubungan Pemerintah RI dengan Pemerintah Jepang, juga membahas langkah-langkah kerjasama di bidang investasi pada beberapa pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Ada beberapa hal yang dibahas, seperti proyek peningkatan kereta cepat koridor Jakarta–Surabaya. Kementerian PUPR sendiri bertanggung jawab dalam pembuatan flyovernya," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/11/2019).

Selain itu, Jepang juga diharapkan dapat mendukung investasi jalan tol akses di Cikopo-Palimanan (Cipali) ke Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Biaya investasi tol sepanjang 40 km ini diperkirakan mencapai Rp 5,35 triliun.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Jepang juga menawarkan hibah berupa alat-alat laboratorium untuk Politeknik PU di Semarang, membantu memecahkan persoalan banjir di Jakarta karena telah berpengalaman dalam penanganan banjir di negaranya.

 

Kelebihan Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara Yasuo Fukuda menyampaikan, selama ini banyak sekali kerjasama yang telah dilakukan antara Indonesia dengan Jepang. Menurut Fukuda, Indonesia merupakan negara yang mampu menjaga pertumbuhan stabilitas di tengah kondisi global yang lesu.

"Menurut saya, selain kerjasama investasi di bidang infrastruktur juga ada hal yang penting, yakni kerjasama di bidang sumber daya manusia, misalnya program kuliah ke Negara Jepang atau training di perusahaan Jepang dalam rangka pengembangan kapasitas para insinyur Indonesia," ujar Fukuda.

Hyundai Investasi USD 700 Juta untuk Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Logo Hyundai.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan bahwa Hyundai Motor Company akan menginvestasikan dana sebesar USD 1 miliar. Untuk tahap pertama perusahaan asal Korea Selatan itu bakal menyuntikan dana sebesar USD 700 juta.

"Investasinya bertahap, totalnya bisa segitu. Awalnya USD 750 juta terus ada tambahan, bertahap," kata Airlangga di Kantornya, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Airlangga mengatakan pembangunan pabrik untuk mobil listrik oleh Hyundai akan memakan waktu paling tidak sampai tiga tahun. Oleh karenanya, investasi perusahaan asal Korea Selatan itu akan dilakukan secara bertahap.

"Kalau bangun pabrik itu kan tiga tahun, dua sampai tiga tahun, mulai tahun depan. Khusus mobil combine engine," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Banjir Padang, Dua Rumah Terseret Arus

Posted: 21 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banjir bandang disertai longsor menimpa sejumlah wilayah di Padang, Sumatera Barat, Banjir juga menyeret dua rumah warga tanpa bekas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Madura United Vs Bhayangkara FC di Vidio

Posted: 21 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Madura - Madura United dijadwalkan meladeni Bhayangkara FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Jumat (22/11/2019) WIB di stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura. Tim tuan rumah berambisi memutus catatan buruk di dua laga sebelumnya.

Ya, Laskar Sape Kerap ditekuk lawan-lawannya masing-masing dengan skor 0-2. Usai takluk dari Persipura, Madura United tak berdaya di hadapan Arema.

Pelatih Madura United, Rasiman pun menegaskan timnya bertekad meraih poin penuh di pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019.

"Kami harus bisa memaksimalkan peran sebagai tuan rumah, karena ke depan akan lebih banyak pertandingan ke markas lawan. Semoga tim ini bisa bangkit dan memberi tiga poin yang sebelumnya belum kami dapat," kata Rasiman kepada Bola.com.

Di sisi lain, tren sebaliknya sedang dialami Bhayangkara FC. Sudah lima pertandingan tim asuhan Paul Munster itu tak terkalahkan (2 imbang, 3 menang).

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Madura United vs Bhayangkara FC di Indosiar dimulai pukul 18.30 WIB. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk live streaming Madura United vs Bhayangkara FC di Indosiar, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Kadek Raditya, Andik Rendika Rama (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Diego Assis (tengah); Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, David Laly (depan)

Pelatih: Rasiman

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho (kiper); Putu Gede Juni Antara, Indra Kahfi, Jajang Mulyana, Arif Setiawan (belakang); Hargianto, Lee Yoo-joon, TM Ichsan (tengah); Adam Alis, Bruno Matos, Herman Dzumafo (depan)

Pelatih: Paul Munster

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indosat Ooredoo Resmi Jual 3.100 menara Usai RUPSLB

Posted: 21 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bulan lalu, Indosat Ooredoo mengumumkan telah menandatangani Perjanjian Jual Beli (Sales and Purchase Agreement/SPA) dengan PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) pada Senin (14/10/2019).

Kedua perusahaan itu telah ditetapkan sebagai pemenang dari proses tender penjualan 3.100 menara milik Indosat Ooredoo. Mitratel memenangkan tender untuk 2.100 BTS dan Protelindo memenangkan tender untuk 1000 BTS.

Usai penandatangan itu, Indosat Ooredoo kini mengumumkan transaksi penjualan sebagian aset perseroan dan penyewaan kembali itu sudah mendapatkan persetujuan para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar 21 November 2019. 

"Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya, Indosat Ooredoo merencanakan menyelesaikan transaksi penjualan 2.100 menara telekomunikasi dengan PT Mitratel dan 1.000 menara dengan PT Protelindo," tutur President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama dalam keterangan resmi yang diterima.

Perlu diketahui, nilai transaksi ini mencapai Rp 6,39 Trilliun dan akan dibayarkan seluruhnya dalam bentuk tunai sebelum akhir tahun ini. Kemudian, Indosat Ooredoo akan kembali menyewa BTS itu selama sepuluh tahun bersamaan dengan penyelesaian transaksi.

"Kami senang telah menyelesaikan transaksi ini yang akan memberikan manfaat positif bagi semua pihak. Transaksi ini memungkinkan Indosat Ooredoo untuk mempercepat pelaksanaan strategi kami, dan terutama untuk terus meningkatkan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami," kata Ahmad Al Neama beberapa waktu lalu.

Perusahaan, kata Ahmad, telah menempatkan portofolio berkualitas tinggi bersama dua perusahaan penyedia menara itu dan "akan menyewa kembali dengan persyaratan menarik untuk memenuhi kebutuhan pembangunan kami secara berkelanjutan."

Kemitraan Jangka Panjang

Direktur & COO Indosat Ooredoo, Vikram Sinha (paling kiri), Presdir Protelindo, Ferdinandus Aming Santoso (paling kanan), Presdir & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama (dua dari kanan), CSEO Indosat Ooredoo, Thomas Chevanne (dua dari kiri). Foto: Budi.Wid

Sementara itu, Dirut Mitratel, Herlan Wijanarko, menyambut transaksi ini dengan gembira.

"Kami berkeyakinan pada masa mendatang industri BTS masih terus tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi dan layanan seluler. Akuisisi 2.100 BTS Indosat Ooredoo ini akan memperkuat fundamental bisnis dan menciptakan nilai tambah bagi Mitratel secara signifikan, sekaligus sejalan dengan rencana jangka panjang Perseroan," ujar Herlan.

Senada dengan Herlan, Dirut & CEO Protelindo, Ferdinandus Aming Santoso, mengatakan bahwa transaksi ini akan memperkuat kemitraan strategis jangka panjang dan meningkatkan hubungan bisnis produktif.

"Penambahan 1.000 BTS dan kurang lebih 1.850 tenant akan semakin memperkuat posisi kami sebagai penyedia BTS terbesar di Indonesia dengan jumlah BTS hampir 20.000 dan jumlah tenant lebih dari 32.000," tutur Ferdinandus.

Dalam transaksi ini J.P. Morgan menjadi penasihat keuangan eksklusif Indosat Ooredoo. Adapun Redpeak Advisers bertindak sebagai penasihat keuangan Protelindo, serta Credit Suisse menjadi penasehat keuangan Mitratel untuk transaksi di atas. 

Lelang Tender

Base Transceiver Station (BTS) milik Indosat. (Doc: Indosat Ooredoo)

Diwartakan sebelumnya, Indosat Ooredoo akan menggelar lelang 3.100 menara miliknya untuk mendapatkan dana segar. Saat ini proses lelang masih dalam tahap due dilligence atau uji tuntas.

Lima perusahaan menara dikabarkan berminat ikut dalam tender. Antara lain PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usaha Protelindo, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Centratama Telekomunikasi (CENT), dan PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR).

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan nilai sebuah aset akan wajar jika tak jauh berbeda dengan harga di pasar, sehingga industri bisa menerimanya.

"Kalau pasar bisa menyerap, itu artinya harganya wajar. Harga wajar itu bisa dilihat dari besaran pada pemanfaatannya," kata Reza dalam pernyataannya, Minggu (8/9/2019).

Sementara Direktur Indonesia ICT Institute Heru Sutadi dalam kajiannya memprediksi harga per menara milik Indosat Ooredoo akan dibuka sekitar US$ 140 ribu atau sekitar Rp 2 miliar (asumsi Rp 14.067 per USD 1) dalam lelang kali ini.

"Angka ini berkaca pada transaksi Indosat-TBIG pada 2013, serta transaksi yang dilakukan XL Axiata dengan SUPR pada 2014, dan XL-Protelindo pada 2016," paparnya.

Pada 2013, Indosat melepas 2.500 menaranya ke Tower Bersama senilai US$ 406 juta (sebelum dikenakan beberapa penyesuaian harga).

Dari total nilai akuisisi tersebut, sebesar 17,98 persen atau USD 73 juta dibayar dalam bentuk saham dari perusahaan menara itu.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Orang Disandera Abu Sayyaf Minta Tolong Jokowi, Kemlu: Benar Mereka WNI

Posted: 21 Nov 2019 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok bersenjata diduga terafiliasi Abu Sayyaf yang dikabarkan menculik tiga nelayan Indonesia dari Lahad Datu, Sabah, dua bulan lalu, kini menuntut uang tebusan senilai 30 juta peso Filipina, atau sekitar Rp 8,2 miliar untuk pembebasan mereka.

Permintaan, diumumkan oleh salah satu korban melalui rekaman video, dirilis di Facebook Sabtu 16 November 2019 lalu.

Ketiganya diidentifikasi sebagai Maharudin Lunani, 48, putranya Muhammad Farhan, 27, dan anggota kru Samiun Maneu, 27. Mereka diculik oleh orang-orang bersenjata dari kapal pukat nelayan yang terdaftar di Sandakan, perairan Tambisan.

Mengetahui kabar tersebut, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Joedha Nugraha berupaya mencari tahu.

"Tiga orang dalam video tersebut terkonfirmasi sebagai WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf sejak bulan September 2019." ujar Joedha Nugraha dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com, Jumat (22/11/2019).

Dalam pernyataannya, Joedha Nugraha juga menegaskan pemerintah akan terus berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat, soal permintaan tebusan dari kelompok Abu Sayyaf.

"Pemerintah terus berkoordinasi dengan otoritas Malaysia dan Filipina untuk upaya pembebasan para sandera WNI tersebut," tegasnya.

Berawal dari Beredarnya Video Singkat

Abu Sayyaf adalah kelompok separatis yang berbasis di Filipina.

Dalam video 43 detik yang beredar, anggota kru Samiun Maneu, 27, mengidentifikasi mereka sebagai orang Indonesia dan telah bekerja di Malaysia.

"Kami ditangkap oleh Kelompok Abu Sayyaf pada 24 September 2019," kata Samiun dalam Bahasa Indonesia dalam klip video, dikutip dari The Star Malaysia, Kamis 21 November 2019.

Mereka memohon kepada pihak majikan dan Presiden RI Joko Widodo untuk membebaskan mereka.

"Kami meminta presiden Indonesia untuk membantu membebaskan kami. ASG (Abu Sayyaf Group) menuntut 30 juta peso sebagai tebusan," kata korban.

Juga dilaporkan bahwa seorang anggota keluarga dari salah satu korban telah menerima permintaan tebusan dari kelompok terafiliasi Abu Sayyaf itu sebelum video beredar.

Komisi Kepolisian Saba, Datuk Omar Mammah mengatakan, menurut rekan-rekan mereka di Filipina, para penculik juga telah membuat permintaan semacam itu beberapa hari setelah mereka menculik para nelayan.

Dia tidak mengungkapkan jumlahnya, namun menambahkan bahwa polisi tidak memenuhi permintaan tersebut.

Liputan6.com telah menjangkau Direktorat Perlindungan WNI/Kementerian Luar Negeri RI untuk meminta keterangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua MPR: Amandemen UUD 1945 Tidak Perpanjang Masa Jabatan Presiden

Posted: 21 Nov 2019 08:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wacana baru terkait amandemen UUD 1945 kembali muncul. Kali ini tentang masa jabatan presiden dari 2 periode menjadi 3 periode ataupun dari 5 tahun menjadi 7 tahun.

Wakil Ketua MPR Syarif Hasan mengatakan wacana itu baru gagasan saja dan bukan merupakan bagian agenda amandemen oleh MPR. Sebab, amandemen yang akan dilakukan adalah amandemen terbatas.

"Itu mungkin selentingan saja, yang jelas itu tidak merupakan salah satu agenda amandemen (terbatas)," kata Syarif di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (22/11/2019).

Hingga saat ini, Syarif menegaskan belum ada usulan resmi maupun dari masyarakat ada wacana penambahan masa jabatan presiden. Ia mengingatkan bahwa sejak awal amandemen UUD 1945 itu terbatas.

"Sekali lagi ini kan penyempurnaan yang terbatas, jadi tidak sampai kepada perpanjangan masa jabatan presiden," ucapnya.

Politikus Demokrat itu menyatakan pihaknya sepakat bahwa masa jabatan presiden cukup dua kali lima tahun. "Sudah cukup 2 kali 5 tahun," katanya.

Kunjungi Para Tokoh

Sebelumnya, Pimpinan MPR RI melakukan kunjungan resmi ke para tokoh bangsa. Peratama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama pimpinan MPR RI menemui Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (10/10/19).

Pada pertemuan itu, Megawati mengusulkan bahwa amandemen itu terbatas, khususnya di bidang perekonomian. Selain itu, diperlukan dibuatnya blueprint pembangunan Indonesia ke depan.

"Konsep membangun bangsa haruslah pembangunan berkelanjutan selama 50 bahkan 100 tahun ke depan, yang dilakukan oleh satu masa pemerintahan presiden ke masa pemerintahan presiden selanjutnya. Jangan sampai ganti presiden berganti pula arah pembangunan bangsa. Blueprint pembangunan ini yang akan dibahas lebih lanjut oleh Badan Pengkajian MPR RI dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat," jelas Bamsoet.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Pimpin Tottenham Hotspur, Jose Mourinho Dapat Banyak Ultimatum

Posted: 21 Nov 2019 08:20 PM PST

London - Jose Mourinho akhirnya jadi manajer baru Tottenham Hotspur sejak Selasa 20 November 2019. Namun, keputusan Mourinho untuk menjadi manajer baru Tottenham Hotspur masih jadi bahan perbincangan.

Spurs terkesan terburu-buru dalam memilih pelatih barunya. Klub resmi mengumumkan Jose Mourinho sebagai manajer baru hanya berselang beberapa jam setelah pemecatan Mauricio Pochettino.

Dari hasil penelusuran Bola.com, sejumlah peringatan telah dilayangkan kepada pelatih asal Portugal tersebut. Padahal, Jose Mourinho baru dua hari resmi memimpin Tottenham Hotspur.

Peringatan pertama datang dari manajemen Tottenham Hotspur. Manajemen memperingatkan bahwa Mourinho harus berkerja dengan skuat yang ada.

Menurut managemen klub, tidak ada uang yang bisa dikucurkan untuk belanja di bursa transfer pemain pada Januari 2020. Itu artinya, Mourinho harus bekerja ekstra keras untuk mengutak-atik skuatnya musim ini.

Mananggapi hal tersebut, Mourinho mengaku tidak begitu keberatan. Ia akan berusaha untuk berkolabrasi dengan akademi klub untuk melahirkan pemain muda potensial.

Bagaimanapun juga, peringatan itu tentu membuat Jose Mourinho sedikit kesulitan. Mantan manager Chelsea itu harus pintar-pintar mengelola skuat peninggalan Mauricio Pochettino.

 

 

Ultimatum yang Lain

Jose Mourinho. (AFP/Paul Ellis)

Peringatan untuk Jose Mourinho bukan hanya berasal dari manajemen Spurs. Sejumlah tokoh dan fans Tottenham Hotspur juga memberi peringatan kepada manager baru klub asal London tersebut.

Melalui kolom komentar Twitter, fan menantang Jose Mourinho untuk mengembalikan performa Tottenham Hotspur. Spurs saat ini bercokol di posisi 14 klasemen sementara Premier League. Fan ingin agar manajer baru mereka itu mengembalikan kegarangan the Lilywhites.

Ultimatum untuk Jose Mourinho juga datang dari Manten Presiden Real Madrid, Ramdon Calderon. Melansir dari Football London, Calderon menyuruh Mourinho berhati-hati dengan bos barunya di Tottenham, Daniel Levy.

Menurut Calderon, Levy adalah tipe pemimpin yang otoriter dan sulit diajak bekerja sama. Dengan sifat Mourinho yang juga cukup keras kepala, Calderon takut beberapa masalah akan terjadi antar-keduanya.

"Mourinho adalah pelatih yang bagus. Tapi dia harus berhati-hati menjaga sikapnya karena Daniel Levy adalah sosok yang sangat kontroversial. Ketika semua berjalan baik, maka Levy akan menjadi orang baik. Namun jika tidak, dia sangat sulit diajak kerja sama," kata Calderon.

Sumber: Football Italia, Washington Post

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Hesti Puji Lestari/Editor: Yus Mei Sawitri, published 22/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anya Geraldine Bisnis Kedai Burger karena Hobi Makan

Posted: 21 Nov 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anya Geraldine baru saja membuka sebuah kedai burger miliknya. Kamis (21/11/2019), Anya Geraldine bersama dengan William Ernest Silanoe, Presiden PT Broadway Grup Jakarta, meresmikan Burger Bar, di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan.  

Semula tercetus ide membuka kedai burger itu adalah karena Anya Geraldine sangat menyukai burger. 

"Basically, aku suka banget burger, karena burger itu praktis dan enak. Yang penting aku suka," kata Anya Geraldine

 

Dibantu

Anya Geraldine (Instagram/anyageraldine)

Dalam menjalani bisnis ini, Anya Geraldine dibantu oleh seorang sahabatnya, William Ernest Silanoe, yang sudah lebih dahulu terjun di dunia bisnis.  

Ernest sepakat menjalani bisnis ini bersama Anya Geraldine karena keduanya memiliki visi dan misi yang sama. 

 

Pemilihan

Anya Geraldine. (Foto: instagram.com/anyageraldine)

"Karena kita temenan, teman main sebelumnya terus ternyata pas lagi ngobrol Anya bilang mau punya nih bisnis, bisnis apanya sukanya? FnB (food and beverage), Anya sukanya apa? Makan apa? Salah satu kesukaan Anya burger," kata Ernest.  

"Terus oh ya udah coba ya nanti tim dari kita, kita lakukan riset, ternyata cocok. Terus ngobrol lagi, visi kita sama nih mau bikin burger yang seperti ini jadi, alhasil jadilah seperti ini," lanjutnya. 

 

Kesibukan

Kerjasama Anya Geraldine ini dirasa tepat di tengah kesibukannya sebagai pemain film. Pasalnya, partner bisnisnya ini sangat menguasai dan bisa saling mengisi satu sama lain di saat Anya Geraldine sedang disibukkan di dunia hiburan.  

"Makanya aku cari partner yang bisa, karena aku takut enggak bisa ngatur kalau benar-benar sendiri, karena aku punya kesibukan. Jadi bisa ganti-gantian," kata Anya Geraldine. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham Hotspur Dilatih Mourinho, Berbatov Beri Ultimatum

Posted: 21 Nov 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, London - Dimitar Berbatov memberikan ultimatum bagi pemain Tottenham Hotspur setelah dilatih Jose Mourinho. Ia yakin Mourinho tidak segan membuang pemain yang tidak sesuai dengan skemanya.

Jose Mourinho secara mengejutkan menjadi manajer Tottenham menggantikan Mauricio Pochettino. Ia dikontrak hingga tahun 2023 mendatang.

Tugas Jose Mourinho di Tottenham Hotspur cukup berat. Ia ditargetkan untuk membawa Spurs meraih gelar pertama sejak tahun 2008.

"Dengan pengalaman dan prestasinya sebanyak ini, maka Jose Mourinho pasti tidak mau bekerja dengan pemain sampah. Pemain Tottenham harus menghormatinya jika mau dihormati," kata Berbatov seperti dilansir Metro.

"Pemain harus membuktikan kalau mereka benar-benar layak tampil. Kerja keras sangat dibutuhkan saat menjadi anak buah Mourinho," eks striker Tottenham Hotspur itu menambahkan.

 

 

Jadwal Liga Inggris

Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli berada di dalam mobil saat tiba untuk mengikuti sesi latihan pertama pelatih Jose Mourinho di Enfield, Inggris (20/11/2019). Di Tottenham, Mourinho akan menerima gaji sebesar 15 juta poundsterling per tahun. (AP Photo/Matt Dunham)

Sabtu, 23 November 2019

19.30 WIB, West Ham United vs Tottenham Hotspur (MolaTV)

22.00 WIB, Bournemouth vs Wolves (MolaTV)

22.00 WIB, Arsenal vs Southampton (TVRI)

22.00 WIB, Brighton vs Leicester (MolaTV)

22.00 WIB, Crysrtal Palace vs Liverpool (MolaTV)

22.00 WIB, Everton vs Norwich City (MolaTV)

22.00 WIB, Watford vs Burnley (MolaTV)

Jadwal Liga Inggris

Minggu, 24 November 2019

00.30 WIB, Manchester City vs Chelsea (MolaTV)

23.30 WIB, Sheffield vs Manchester United (TVRI)

Selasa, 26 November 2019

03.00 WIB, Aston Villa vs Newcastle United (MolaTV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjaga Masjid hingga Amil Jenazah di Tangsel Kini Punya Kartu BPJSTK

Posted: 21 Nov 2019 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk memperluas perlindungan sosial bagi pekerja rentan dan non-ASN. Sebanyak 12.908 pekerja yang masuk kategori tersebut telah diberikan kartu BPJS TK oleh pemkot Tangsel.

Para pekerja rentan itu terdiri atas ketua RT, ketua RW, marbot masjid, guru mengaji hingga amil jenazah. Mereka didaftarkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Rinciannya adalah 3.844 Ketua RT, 735 Ketua RW, 2.285 guru mengaji, 450 marbot masjid, 375 amil jenazah dan 5.257 kader kesehatan. Sebanyak 300 orang perwakilan pekerja turut hadir untuk secara simbolis menerima kartu kepesertaan pekerja rentan dalam acara Gerakan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Rentan di Titan Center, Tangerang Selatan.

Penyerahan tersebut merupakan implementasi atas di keluarkannya Peraturan Walikota Tangsel No 25 tahun 2019. Turut hadir dalam acara ini Direktur Kepesertaan BPJSTK E. Ilyas Lubis dan Kepala Kejaksaan Negeri Tangsel Bima Suprayoga.

"Keikutsertaan Pekerja Rentan di lingkungan Pemerintah Kota Tangsel dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan bentuk konkrit Pemerintah Kota Tangsel terhadap implementasi Undang-undang No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-undang No 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial," ujar Ilyas pada Jumat (22/11/2019) di Tangsel.

 

Sejak 2017

Perusahaan yang tidak menyediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk para karyawannya siap-siap kena denda Rp1 miliar. (Ilustrasi: Liputan6/M.Iqbal)

Sejak tahun 2017 Pemerintah Kota Tangsel telah menerbitkan Peraturan Walikota Tangsel No 37 tahun 2017 tentang Kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negri Sipil.

Implentasi dari peraturan ini adalah telah terdaftarnya pegawai non ASN sebanyak 8.464 orang yang dibiayai melalui APBD Kota Tangsel sejak 2017 silam.

Jumlah klaim yang telah di bayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan meliputi klaim kecelakaan kerja sebanyak 37 kasus dengan nilai nominal Rp 592.380.673 dan klaim kematian sebanyak 26 kasus dengan nilai nominal Rp 624.000.000.

"Kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Tangsel yang telah menerbitkan Peraturan Walikota untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pegawai non-ASN nya. Semoga hal ini dapat segera di ikuti oleh seluruh Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten lainnya di Indonesia," pungkas Ilyas.

BPJSTK Targetkan 36 Juta Kepesertaan Aktif di 2019

BJPS Ketenagakerjaan.

Jumlah keseluruhan kepersertaan aktif di BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) ditargetkan mencapai 36 juta orang pada tahun ini. Adapun jumlah kepersertaan aktif mencapai 31 juta anggota.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) Agus Susanto optimistis target jumlah kepesertaan bakal tercapai hingga akhir tahun.

"Secara nasional target kepesertaan aktif kita itu 36 juta orang. Sekarang sudah terserap 31 juta. Sisanya kami targetkan sampai akhir tahun ini," jelas dia di Tulungagung, Kamis (27/6/2019).

Agus melanjutkan, kepesertaan aktif BPJSTK antara lain terdiri dari sektor formal maupun informal. Program Desa Sadar menjadi salah satu cara perseroan mencapai pertumbuhan pada tahun ini.

"Iya, Desa Sadar ini merupakan salah satu strategi kami untuk mencapai Agressive Growth," papar dia.

Sebagai informasi, terhitung bulan Februari 2019, total peserta yang telah terdaftar di BPJSTK telah mencapai 50,5 juta peserta atau meningkat 11 persen dari periode sebelumnya.

Dari sisi pembayaran klaim, nilai total pembayaran klaim yang telah dibayarkan per Februari 2019 telah mencapai Rp4,8 triliun dan mencapai 16 persen dari target Rp 31 triliun atau meningkat 15 persen dari periode sebelumnya.

Klaim terbesar (92 persen), berasal dari klaim JHT sebesar Rp 4,4 triliun, diikuti JKK sebesar Rp 258 miliar, klaim JKM sebesar Rp 136 miliar, dan klaim JP sebesar Rp 20,7 miliar.

Sementara itu, iuran yang telah dibukukan oleh BPJS Ketenagakerjaan terhitung Februari 2019 sebesar Rp10,02 Triliun atau meningkat 17 persen dari periode sebelumnya dan mencapai 13 persen dari target Rp 76 Triliun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Tempat Wisata di Ciamis yang Populer, Cocok untuk Liburan Keluarga

Posted: 21 Nov 2019 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Ciamis memang tak sepopuler seperti kota-kota wisata lainnya seperti Bandung, Jogja, bahkan Bali. Namun ketika mengunjungi salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat, ada beberapa tempat wisata yang tak kalah mengakumkan.

Merupakan salah satu wilayah yang mengalami pemekaran, tak menutup rasa berpetualang kamu di Ciamis ini. Ternyata ada beberapa tempat wisata di Ciamis populer yang wajib banget kamu kunjungi.

Beberapa di antara tempat wisata di Ciamis cocok dijadikan sebagai wisata keluarga. Lokasi Ciamis pun terbilang strategis, karena berada di jalur antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Ketika kamu melewati kabupaten ini, tak ada salahnya menyempatkan berkunjung ke beberapa tempat wisata di Ciamis yang memesona. Berikut ada 9 tempat wisata di Ciamis yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019).

Wisata Alam Bahari di Ciamis: Situ Lengkong Panjalu dan Green Canyon

Sejumlah pengunjung memadati lokasi wisata Green Canyon di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (17/5/2015). Nama asli Green Canyon adalah Cukang Taneuh yang berarti jembatan tanah. (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Situ Lengkong Panjalu

Tempat wisata di Ciamis populer pertama yang wajib dikunjungi adalah Situ Lengkong Panjalu. Tempat ini merupakan destinasi yang menggabungkan antara reksreasi dan wisata budaya.

Berkunjung ke sini kamu akan disuguhi pemandangan indah situ yang punya pulau di tengahnya, yaitu Nusa Larang. Untuk nuansa budaya yang bisa ditemukan di sini adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu.

Kerajaan Panjalu merupakan cikal bakal adanya kawasan tersebut. Pulau yang terletak di tengah danau tersebut juga terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngoro.

Tak heran, beberapa waktu tertentu diadakan semacam upacara adat bernama Nyangku. Momen itu akan dijadikan sebagai hari untuk membersihkan benda-benda pusaka melalui upacara adat.

Green Canyon

Saat berkunjung ke Ciamis, tak ada salahnya untuk sedikit melipir ke Pangandaran dan berkunjung ke Green Canyon. Nama tempat ini merupakan sebuah julukan yang disebut-sebut kembaran dari Grand Canyon di Amerika.

Mengunjungi tempat wisata di Ciamis ini kamu akan disuguhkan air sungai berwarna hijau tosca yang jernih. Kanan kiri sungai diapit dengan tebing batu yang menjulang tinggi. Ada berbagai cara menikmati keindahan alam Green Canyon, salah satunya dengan menaiki perahu, berenang, dan body rafting. 

Wisata Alam Bahari di Ciamis: Pantai Pangandaran dan Curug Tujuh Cibolang

Pesona pagi di kawasan Pantai Timur Pangandaran, Jawa Barat. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Curug Tujuh Cibolang

Tempat wisata di Ciamis berupa alam bahari selanjutnya yang wajib dikunjungi, yaitu Curug Tujuh Cibolang. Penamaan curug ini tidak berasal dari jumlah terjunan air yang jumlahnya mencapai tujuh dan berada saling berdekatan.

Ketika kamu mengunjungi Curug Tujuh Cibolang, kamu akan merasakan ketenangan lengkap dengan udara pegunungan yang sejuk. Tujuh terjunan air di curug ini memiliki namanya masing-masing antara lain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Pantai Pangandaran

Sebelum kawasan Pangandaran berdiri sendiri sebagai kabupaten, Pantai Pangandaran sangat populer di Ciamis. Namun, setelah kawasan Pangandaran berdiri sendiri secara otomatis pantai ini menjadi milik kabupaten Pangandaran.

Pantai ini sangat populer dan minati pengunjung karena terkenal dengan matahari terbit dan terbenamnya yang indah. Pantai ini dikenal memiliki fase pasang surut yang relatif lama sehingga meskipun posisinya berada di selatan Jawa, namun masih cukup aman untuk bermain-main di perairannya.

Wisata Taman di Ciamis: Alun-alun hingga Taman Raflesia

Alun-alun Ciamis / Sumber: Wikimedia

Alun-alun Ciamis

Walaupun kamu tak memiliki banyak waktu untuk mengelilingi tempat wisata di Ciamis, namun kamu tak boleh ketinggalan untuk mengunjungi Alun-alun Ciamis. Layaknya alun-alun yang terdapat di setiap wilayah, Alun-alun Ciamis selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena kamu bisa melakukan beragam aktivitas.

Taman Surawisesa Kawali

Taman Surawisesa Kawali merupakan obyek wisata yang memiliki area ruang terbuka hijau. Biasanya taman ini ramai dikunjungi wisatawan, baik dari warga lokal hingga luar daerah untuk berekreasi.

Di taman ini kamu bisa melakukan beragam aktivitas menarik, mulai dari menyewakan mainan untuk anak hingga menikmati sajian kuliner yang dijual oleh pedangan di sekitaran taman tersebut.

Taman Raflesia

Wisata taman di Ciamis lainnya yang bisa dinikmati adalah Taman Raflesia. Taman ini merupakan sebuah taman yang memiliki air mancur yang menjadi bangunan nostalgia monumental bagi kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Sesuai dengan namanya, bunga Bangkai atau bunga Raflesia memang pernah ditemukan di Pangandaran saat wilayah ini masih menjadi bagian dari Ciamis. Walaupun sudah berpisah dengan Pangandaran, namun Taman Raflesia ini masih menjadi salah satu ikon Ciamis.

Wisata Peninggalan Sejarah di Ciamis: Ciung Wanara dan Kampung Kuta

Ciung Wanara

Ciamis terbentuk tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi cikal bakal daerah ini. Maka tidak heran jika kabupaten ini banyak ditemukan situs peninggalan dari zaman kerajaan tersebut.

Salah satu tempat wisata di Ciamis yang wajib kamu kunjungi untuk mengenal sejarah Ciamis adalah Situs Karangmulyan atau yang disebut dengan Ciung Wanara. Ciung Wanara merupakan sebuah situs purbakala dan juga arkeologi.

Kampung Kuta

Kampung Kuta merupakan destinasi wisata yang sarat akan nilai sejarah Ciamis yang bisa kamu coba kunjungi. Walaupun namanya Kampung Kuta, namun letak tempat wisata ini berada di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Cimais, Jawa Barat.

Mengunjungi kampung wisata ini, kamu bisa merasakan tingginya kearifan lokal dan budaya nenek moyang. Dikenal sebagai Kampung Kuta karena masyarakatnya masih memegang teguh budaya tabu terhadap sesuatu yang baru.

Salah satu yang paling menonjol adalah warganya masih sangat taat dalam melestraikan hutan dan mempertahankan kelestraian mata air serta pohon aren sebagai sumber kehidupan. Untuk merasakan dan mengenal lebih dekat, kamu bisa menginap di kampung ini guna mengikuti segala kegiatan yang mereka lakukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diet Ini Bisa Cegah Influenza

Posted: 21 Nov 2019 08:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah riset ungkap diet keto ampuh cegah influenza.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpakai Mesinnya Saja, Kawasaki W175 Disulap Menjadi Chopper

Posted: 21 Nov 2019 08:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak aliran motor kustom yang digandrungi para pecinta custom culture. Tentu saja aliran atau jenis-jenisnya beragam, mulai dari cafe racer, scrambler, bobber hingga chopper.

Kali ini Street Arts Custom akan kupas tuntas motor Kawasaki W175 yang dimodifikasi menjadi sebuah chopper.

Pada 1960-an muncul sejumlah bengkel modifikasi yang banyak membangun sepeda motor kustom. Hal ini karena mereka banyak yang memangkas sejumlah motor perang agar sesuai selera pengendara, hingga akhirnya munculah istilah chopper.

Penasaran seperti apa modifikasi W175 disulap menjadi chopper? Saksikan selengkapnya di channel Street Arts Custom hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Pesiar Terbesar Jerman Bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Posted: 21 Nov 2019 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapal pesiar asal Jerman Aida Vita bersandar di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Jumat (22/11/2019).

Kapal pesiar yang menampung sekitar 1.000 penumpang dari Jerman ini mengunjungi berbagai tujuan wisata menarik di Surabaya. Demikian mengutip dari instagram @surabayasparkling.

Kapal pesiar ini berada di pelabuhan Tanjung Perak dari pukul 08.30 WIB-19.00 WIB. Para wisatawan pun akan berkunjung ke sejumlah spot-spot wisata antara lain Gunung Bromo, Trowulan Majapahit, Tretes, Tugu Pahlawan, House of Sampoerna, Klenteng Hong Sang Tan, Patung Budha 4 Wajah, Pasar Genteng, Pura Jagad Karana, Museum Surabaya, Joko Dolog, Pasar Bunga Kayoon, Gereja Kapanjen, dan Monkasel.

Bagi Anda tertarik lihat kapal pesiar ini dapat merapat ke Surabaya North Quay. Selain itu di tempat tersebut juga ada berbagai usaha kecil menengah (UKM) yang menawarkan produk unggulannya.        

Kapal Pesiar Aida Vita

Penumpang kapal pesiar Aida Vita tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Foto: Instagram @surabayasparkling)

Mengutip Huffingtong Post, Aida Vita termasuk salah satu kapal pesiar yang populer. Kapal pesiar ini dibangun pada 2002 untuk Aida Cruises, perusahaan Jerman. Penumpang kapal ini biasanya berasal dari Jerman.

Kapal pesiar ini berorientasi untuk keluarga dengan sejumlah fasilitas yang ditawarkan untuk anak-anak. Selain itu, ada juga kegiatan khusus yang ditawarkan selama liburan sekolah.

Aida Vita juga termasuk salah satu kapal pesiar terbesar yang memiliki 633 kabin dan dapat menampung hingga 1.582 penumpang. Bagi turis tertarik untuk berlayar selama empat hari di Mediterania Barat harus merogoh kocek sekitar USD 480. Kapal pesiar ini biasanya berlayar di musim dengan rute berhenti di Mallorca, Spanyol, Roma dan Korsika.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penganiayaan Pendukung Timnas Indonesia, Warganet Serukan Ganyang Malaysia

Posted: 21 Nov 2019 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penganiayaan terhadap pendukung Timnas Indonesia usai melawan Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019), memicu kemarahan banyak orang.

Warganet menyerukan tagar #GanyangMalaysia dan #shameonyousaddiq untuk menanggapi penganiayaan dan penusukan yang diduga dilakukan warga Malaysia.

Pantuan tim Tekno Liputan6.com, Jumat (22/11/2019), #GanyangMalaysia berada di puncak trending topic Twitter Indonesia saat berita ini ditulis. Sementara #shameonyousaddiq di posisi keempat.

Banyak warganet menyampaikan kegeraman mereka terhadap para pelaku dan Menpora Malaysia, Syed Saddiq. Mereka menuntut Syed Saddiq meminta maaf atas ulah pendukung Malaysia tersebut dan menangkap pelaku penganiayaan.

Warganet menyayangkan pernyataan Syed Saddiq yang hanya menyuruh korban membuat laporan kepolisian. Ia tidak menyampaikan permohonan maaf.

Syed Saddiq pun menjamin proses penyelidikan akan dilakukan secara transparan.

"Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh dia buat laporan ke pihak polis. We will ensure that there will be a proper & transparent investigation. Keadilan adalah untuk semua, tidak kira dari Malaysia atau Indonesia," tulisnya di akun resmi Twitter miliknya.

Berikut beberapa kicauan warganet terkait penganiayaan tersebut:

"Shame on you @syedsaddiq #GanyangMalaysia," tulis @eko_al_kawisky.

"Bukti kebiadaban suporter malaysia.udah dikonfirmasi kebenaran videonya. Kronologis singkatnya, jadi si korban naik taksol di malaysia, lalu sama supirnya malah dibawa ke gerombolan suporter malaysia yg udah siap berkumpul, kemudian diturunkan paksa di lokasi tersebut. #GanyangMalaysia," kicau pemilik akun @ibnuabdillahh.

"I dont wanna say anythingBut Astaghfirullah.... Malaysia IS FULL OF SHIT #GanyangMalaysia," tulis cucupetani.

"We don't even need to put some respect on those who've been used to stealing our culture all the time, we don't even fucking need it at all for bunch of shit like @SyedSaddiq and the whole of malaysian people #shameonyousaddiq #shameonyoumalaysia #GanyangMalaysia," twit dari akun gilangadit7.

"Even though I am not a big fan of soccer but this is all about humanity.. despite of the differences or any angers, this action is not acceptable and should be processed to the court as this case happened between 2 countries.. #shameonyoumalaysia #shameonyousaddiq," demikian twit dari @czar_narto.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaatkan Teknologi, Samsung Hadirkan Ruang Kelas Digital Pertama di Bangka

Posted: 21 Nov 2019 08:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Samsung Electronics Indonesia terus secara aktif mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagai salah satu perwujudannya, Samsung membuat program Samsung Smart Learning Class (SSLC) yaitu ruang kelas berbasis digital yang ditujukan kepada siswa tingkat SMA.

Sekolah pertama yang berkesempatan memperoleh program ini ialah SMA Santo Yosef Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. Keberadaan SSLC di SMA Santo Yosef diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal baik oleh para murid dan guru untuk meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ennita Pramono selaku Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

"Samsung berharap dengan adanya program ini siswa menjadi lebih mudah dan senang untuk belajar," ujarnya saat acara serah terima penggunaan ruangan SSLC pada Kamis (21/11).

Rupanya program ini juga telah sejalan dengan program pemerintah dalam hal digitalisasi sekolah.

"SSLC juga telah sejalan dengan program pemerintah dalam pelaksanaan digitalisasi sekolah yaitu mengoptimalkan peran teknologi dalam dunia pendidikan," tambahnya.

Tentu saja program ini sambut baik oleh kepala sekolah SMA Santo Yosef sendiri, Frans S.Pd.Ekop. Menurutnya hal ini dapat membantu mempercepat proses belajar siswa.

"Kehadiran Samsung Smart Learning Class ini tentunya membantu mempercepat proses pembelajaran dan lebih menyenangkan bagi anak didik kami. Kami berharap adanyanya kelanjutan dari program ini," ungkap Frans, S.Pd.Ekop, Kepala Sekolah SMA Santo Yosef.

Fasilitas Gadget

foto: Camelia

Ruangan SSLC yang berada di lantai 2 SMA Santo Yosef ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti Galaxy tab A with S Pen, Samsung Smart TV, Samsung AC, dan WLAN. Pada perangkat Galaxy Tab A yang akan digunakan langsung oleh siswa ini telah dicantumkan beberapa materi pembelajaran mulai dari Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi.

Selain konten pembelajar, terdapat pula manajemen sistem pembelajaran bernama myschool di mana guru bisa mengontrol apa saja yang akan disampaikan kepada para murid.

Sebelum program ini berjalan, Samsung memberikan pelatihan kepada para pendidik di SMA Santo Yosef terkait penggunaan fasilitas gadget. Pelatihan tersebut mulai dari penggunaan gadget, pemanfaatan aplikasi digital, serta pengenalan materi-materi pembelajaran yang telah ditanamkan pada gawai tersebut.

foto: Camelia

Belajar lebih mudah

foto: Camelia

Tim Liputan6.com berkesempatan melihat secara langsung proses belajar siswa menggunakan fasilitas SSLC di SMA Santo Yosef pada Kamis (21/11). Dalam prosesnya, siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian bersama-sama menggunakan gawai dalam kegiatan belajarnya. Seorang siswa kelas X bernama Marcello mengaku dengan adanya fasilitas gawai khususnya tab ini, memudahkan dirinya dan teman-teman ketika belajar.

foto: Camelia

"Sekarang belajarnya lebih gampang dan lebih cepat karena nggak perlu menggambar kurva pakai penggaris lagi," ujar Marcello.

Hal senada juga diunggapkan oleh seorang guru matematika bernama Damayanti.

"Tentunya proses belajar mengajar lebih mudah ya, anak-anak juga jadi lebih senang karena menggunakan gadget," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Pastikan Panggil Kembali Marcus Mekeng yang Mangkir 4 Kali

Posted: 21 Nov 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Melchias Markus Mekeng tercatat empat kali mangkir dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mekeng merupakan saksi dalam kasus suap mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih.

Mekeng yang sudah dicegah ke luar negeri dalam kasus ini tercatat mangkir pada 11, 16, 19 September 2019, serta 8 Oktober 2019. Pada pemeriksaan 8 Oktober 2019, Mekeng tak hadir lantaran mengaku sakit, namun tak menyertakan surat dokter.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memastikan pihaknya akan tetap memanggil Mekeng dalam waktu dekat. Mekeng sejatinya akan dimintai keterangan untuk penyidikan dengan tersangka pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal, Samin Tan.

"Akan dipanggil lagi tentunya, karena itu terkait dengan perlunya klarifikasi peran yang bersangkutan dari adanya keterangan pihak lain," ujar Saut saat dikonfirmasi, Jumat (22/11/2019).

Pada persidangan kasus ini, Samin Tan yang sempat dihadirkan sebagai saksi sempat menceritakan peran Mekeng untuk mempertemukannya dengan Eni Maulani Saragih. Perkenalan Samin Tan dengan Eni terjadi di kantor Mekeng, di Menara Imperium, Kuningan, Jakarta Selatan.

Atas bantuan Mekeng tersebut, dalam surat dakwaan jaksa KPK, Eni menerima uang Rp 5 miliar dari Samin Tan. Uang tersebut kemudian digunakan Eni untuk pemenangan suaminya, Muhammad Al-Khadziq dalam Pilkada Temanggung 2018.

 

 

Telusuri Fakta Persidangan

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Saut mengatakan, tim penyidik akan menelisik fakta-fakta dalam persidangan tersebut kepada Mekeng. Maka dari itu, Saut memastikan akan kembali memanggil Mekeng.

"Nanti penyidik akan memanggil lagi yang bersangkutan. Penyidik masih menyusun jadwal," kata Saut.

Sebelumnya KPK menetapkan pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (BLEM), Samin Tan sebagai tersangka dalam kasus ini. Samin Tan diduga menyuap Eni Maulani Saragih.

Samin Tan diduga memberikan suap Rp 5 miliar kepada Eni. Uang tersebut diberikan terkait Pengurusan Terminasi Kontrak Perjanjian Karya Pengusaha Pertambangan Batubata (PKP2B) PT AKT di Kementerian ESDM.

Terkait kasus ini, Samin Tan disangka melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pohon Natal Setinggi 26 Meter Mulai Hiasi Vatikan

Posted: 21 Nov 2019 08:01 PM PST

Sebuah crane mengangkat pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Sebuah crane mengangkat pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Sebuah crane mengangkat pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Sebuah crane mengangkat pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Sebuah crane mengangkat pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Sebuah crane mengangkat pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Pekerja mendirikan pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Pekerja mendirikan pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Seorang wanita berjalan ketika derek mengangkat pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Seorang wanita berjalan ketika derek mengangkat pohon cemara di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Kamis (21/11/2019). Pohon Natal setinggi 26 meter tersebut berasal dari Dataran Tinggi Asiago di timur laut Italia dan disumbangkan oleh wilayah Veneto. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prestasi Angkie Yudistia, Teman Tuli yang Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi

Posted: 21 Nov 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada tujuh nama staf khusus baru yang dikenalkan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 21 November 2019. Salah satunya adalah, Angkie Yudistia, perwakilan penyandang disabilitas, khususnya teman tuli, yang siap membantu Jokowi lima tahun ke depan.

Sebelum didaulat menjadi staf khusus Presiden, Angkie Yudistia adalah sosok yang kreatif sekaligus berpreatasi. Ia merupakan founder sekaligus CEO dari Thisable Enterprise, asosiasi sumber daya manusia untuk penyandang disabilitas dan non-disabilitas yang berdiri sejak 2011.

Angkie juga seorang penulis. Perempuan berusia 32 tahun ini bahkan telah menelurkan tiga buah buku yang bertajuk Menembus Batas, Setinggi Langit, dan Sociopreneur.

Pada akhir Oktober 2019 lalu, Angkie Yudistia dianugerahkan penghargaan sebagai Asia Women Marketer of the Year 2019 di Asia Marketing Federation yang berlangsung di Taipei, Taiwan.

Angkie juga menerima penghargaan Ikon Prestasi Pancasila 2019 dan menjadi penghargaan ke-21 selama ia berkarier. Apresiasi ini diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Terima Kasih Badan Pembinaan Ideologi Pancasila adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. Salam, Pancasila! Indonesia Merdeka!" tulisnya kala itu.

Rasa Terima Kasih Angkie

Presiden Joko Widodo mengenalkan staf khusus di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Staf khusus baru dari kalangan milenial yakni CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah didaulat menjadi staf khusus Presiden, Angkie Yudistia mengunggah potret yang mengabadikan kebersamaan ia dan enam stafsus lain dan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Kamis, 21 November 2019.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk Bapak Presiden Republik Indonesia @jokowi atas kesempatannya memberikan ruang kepada perempuan disabilitas untuk menjadi bagian Staff Khusus Presiden (+ Jubir Presiden bidang sosial)" tulis Angkie.

Ia melanjutkan, Thisable Enterprise selama ini selalu berusaha membantu Negara dalam aspek pengembangan SDM penyandang disabilitas. "Dengan kesempatan hari ini, dengan sepenuh hati saya membantu Bapak Presiden menuju Indonesia inklusif tentunya lebih ramah disabilitas," lanjutnya.

Di akhir keterangan, Angkie tak lupa menyampaikan rasa terima kasih atas respons yang baik dan positif yang telah diberikan kepadanya. Ia memohon dukungan sehingga amanah dapat dijalankan dengan baik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serangan Tawon Menelan Korban di Garut

Posted: 21 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Satu pelajar di Garut, Jawa Barat, tewas setelah tersengat tawon. Sementara tiga rekannya mengalami luka lebam akibat ribuan tawon yang mereka ganggu menyerangnya.

Komandan Koramil (Danramil)  Bayongbong, Kapten Inf Jaja mengatakan, kejadian sengatan tawon itu berlangsung Rabu (20/11/2019) sekitar pukul 16.00 sore.

"Ada empat yang menjadi korban sengatan tawon, satu di antaranya meninggal dunia," ujarnya, Kamis (21/11/2019).

Saat itu, keempat korban yang baru pulang latihan dari madrasah Al-Barkah, mendapati satu sarang tawon yang berada di rumah Maryam. Mereka pun iseng mengganggu sarang tawon tersebut.

"Diduga merasa terusik, tawon-tawon itu langsung menyerang dan menyengat keempat pelajar tersebut," kata dia.

Mendapati amukan ribuan tawon itu, mereka kemudian berhamburan berlarian meninggalkan sarang tawon yang sebelumnya telah diganggu menggunakan kayu dan ranting pohon yang mereka bawa.

"Syaeful dan Rizki dibawa orangtuanya ke puskesmas Bayongbong, sedangkan Armi dan Elzar yang merupakan kakak adik dibawa ke Klinik Cisanca," kata dia.

Namun, saat malam beranjak, nyawa Armi tidak tertolong setelah bisa sengatan hewan serangga tersebut masuk ke tubuhnya.

"Jenazahnya dimakamkan di TPU Cikedokan, tak jauh dari rumahnya siang tadi," kata dia.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, korban meninggal dunia akibat sengatan tawon bernama Armi (11) yang merupakan pelajar kelas VI SD Samarang, sedangkan tiga siswa lainnya mengalami luka lebam dan mendapatkan perawatan intensif.

Mereka antara lain Saeful Ulum (12) siswa pelajar kelas VII SMPN 2 Bayongbong, Rizki (11) pelajar kelas VI SD Mekarsari, serta Elzar (9) pelajar kelas IV SD Samarang.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pentingnya Seni bagi Tumbuh Kembang Anak Autis

Posted: 21 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seni adalah salah satu cara yang terbukti efektif dapat mendorong perkembangan anak autis maupun anak berkebutuhan khusus (ABK) lainnya. Melalui kegiatan seni seperti menggambar dan melukis kemampuan komunikasi dan interaksi sosial pada anak dapat berkembang.

"Salah satu cara yang terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan autisme adalah melalui kegiatan seni," kata Nuryanti Yamin, Ortopedagog dan Co-Founder Drisana Center di teamLab Future Park, Gandaria City, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Nuryanti menjelaskan bahwa seni mempunyai banyak manfaat pada anak autis. Seni dapat digunakan untuk membantu masalah pemrosesan sensorik, seperti taktil (peraba) dan visual (penglihatan).

Selain itu, seni dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, sosial emosional, ekspresi, adaptable, dan meningkatkan kemampuan untuk mengenali ekspresi wajah.

 

Terapi Seni

Hari Autisme Sedunia (Foto: Liputan6.com/Winda Nelfira)

Anak dengan autisme tidak dapat mengekspresikan emosi seperti anak lain. Dengan diperkenalkan pada seni, anak berkebutuhan khusus dapat berimajinasi dan mengekspresikan diri. 

"Kalau anak sudah minat, anak akan melakukan hal itu secara terus-menerus. Ketika anak melakukan suatu hal yang rutin, itu lagi itu dan lagi kita bisa melihat bahwa sebenarnya anak itu minat dengan kegiatan itu. Dan biasanya yang menjadi tugas kita sebagai guru anak ini diajari dari titik nol seperti megang pensil, tapi minat gambarnya tinggi," terang Nuryanti.

Nuryanti yang juga seorang guru yang mengajar di Sekolah Drisana, sekolah khusus untuk anak autis, menerangkan bahwa melalui terapi seni anak akan diajarkan hal-hal umum terlebih dahulu seperti memegang pensil dengan benar dan mengenalkan anak dengan banyak bentuk. Hal ini dilakukan supaya apa yang dipikirkan anak dapat direpresentasikan pula dengan baik melalui gambar.

Penanganan yang tepat terhadap anak dengan autisme memungkinkan anak tumbuh dan berkembang dengan bakat yang luar biasa sehingga membuatnya mandiri. Melalui kegiatan seni seperti menggambar anak dapat menuangkan apa yang dirasakan, diinginkan, dan diucapkan.

"Kondisi anak dengan autisme bisa berangsur-angsur membaik jika ditangani sejak dini, salah satunya melalui terapi seni. Melalui seni, anak dengan autisme dapat lebih mudah beradaptasi, berkomunikasi dengan baik, dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, " tambah Dian Sastrowardoyo, pekerja seni yang juga ibu anak autis di kesempatan yang sama.

 

Penulis: Winda Nelfira

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Keindahan Neuschwanstein Castle, Istana Putri Tidur di Dunia Nyata

Posted: 21 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu para pecinta Disney pasti selalu mengikuti seluruh serialnya. Cerita-cerita dari Disney memang selalu sukses merebut hati para pecinta film animasi. Selain itu film-film Disney juga bisa dibilang film yang paling populer di dunia.

Salah satu serial animasi produksi Walt Disney paling populer adalah Sleeping Beauty atau Putri Tidur. Serial Putri Tidur Disney diadopsi berdasarkan cerita rakyat Putri Tidur yang ditulis oleh Charles Perrault. Kemudian filmnya diproduksi dan dirilis pada tahun 1959.

Dalam film itu, Putri Tidur digambarkan memiliki sebuah istana yang begitu megah. Tak heran banyak anak-anak yang menonton film ini jadi ingin tinggal atau bermimpi mengunjungi istana tersebut. Tapi siapa sangka, kalau istana di film Putri Tidur ini ternyata ada di dunia nyata.

Istana megah tersebut bernama Neuschwanstein Castle. Bahkan Walt Disney mengaku terinspirasi istana tersebut saat membuat gambar istana Putri Tidur, seperti yang Liputan6.com lansir dari The Sun, Jumat (22/11/2019).

Berikut 6 keindahan Neuschwanstein Castle yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019).

1. Tak hanya sebagai inspirasi gambaran istana di cerita Putri Tidur, Neuschwanstein Castle juga menginspirasi Walt Disney dalam merancang desain logo Disney untuk pertama kali.

Keindahan Neuschwanstein Castle (sumber: neuschwanstein.de)

2. Neuschwanstein Castle terletak di Jerman tepatnya di Bavaria. Istana itu merupakan bangunan yang dibangun oleh Ludwig II Bavaria pada 1892.

Keindahan Neuschwanstein Castle (sumber: neuschwanstein.de)

3. Neuschwanstein Castle dibangun untuk sebagai kediaman pribadi dan juga sebagai bentuk penghormatan kepada komposer favorit Raja Ludwig II, Richard Wagner.

Keindahan Neuschwanstein Castle (sumber: neuschwanstein.de)

4. Saat ini, Istana Neuschwanstein sudah dibuka untuk umum. Ruangan-ruangan di lantai bawah istana difungsikan sebagai cafe, museum, dan toko suvenir.

Keindahan Neuschwanstein Castle (sumber: neuschwanstein.de)

5. Suasana di istana ini memang terkenal romantis karena interiornya yang cantik dan juga pemandangan sekitar istana yang sangat indah.

Keindahan Neuschwanstein Castle (sumber: neuschwanstein.de)

6. Neuschwanstein Castle juga dinobatkan sebagai istana yang paling banyak dikunjungi di dunia. Bahkan jumlah pengunjung istana ini bisa mencapai 1,5 juta pengunjung.

Keindahan Neuschwanstein Castle (sumber: neuschwanstein.de)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun Jalan Tol 2.500 Km, Pemerintah Butuh Rp 1.435 triliun Investasi Swasta

Posted: 21 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan tol sepanjang 2.500 km untuk 5 tahun ke depan.

Adapun tantangan terbesar pada pembangunan jalan tol adalah pembiayaan infrastruktur. Kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020–2024 diproyeksikan hanya mampu memenuhi 30 persen atau sekitar Rp 623 triliun dari total kebutuhan anggaran untuk penyediaan infrastruktur sebesar Rp 2.058 triliun.

Sebagai langkah untuk menutupi gap pendanaan non-APBN sebesar 70 persen atau Rp 1.435 triliun, Kementerian PUPR mendorong inovasi pembiayaan pembangunan infrastruktur melalui skema KPBU atau Public Private Partnership (PPP).

"Keterlibatan badan usaha melalui skema KPBU untuk proyek jalan tol merupakan bagian dari strategi besar untuk membiayai infrastruktur dan untuk itu dibutuhkan komitmen pendanaan APBN untuk tahapan persiapan, pengadaan tanah maupun pengembalian kepada badan usaha bila dilakukan dengan Availability Payment (AP)," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (22/11/2019).

 

Penawaran Swasta

Seorang anak terlihat di lokasi proyek Tol Cijago Seksi II di Depok, Jawa Barat, Rabu (27/2). Pengelola Jalan Tol Cijago PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) menargetkan seksi II jalan tol itu dapat beroperasi pada April 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kementerian PUPR sendiri pada Kamis (21/11/2019) kemarin menyelenggarakan acara penjajakan minat pasar (market sounding) melalui skema KPBU untuk 4 ruas jalan tol sepanjang 424,27 km.

Keempat ruas tol tersebut yakni Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo (93,14 km) dengan nilai investasi Rp 28,58 triliun, Tol Yogyakarta-Bawen (76,36 km) senilai Rp 17,38 triliun, Tol Gedebage-Tasikmalaya–Cilacap (206,65 km) dengan biaya sebesar Rp 57,594 triliun, dan Jalan Tol Makasar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Mamminasata) sepanjang 48,12 km dengan nilai investasi sebesar Rp 9,41 triliun.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga menyampaikan bahwa Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan serta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan mengundang pemrakarsa untuk menyusun studi kelayakan (feasibility study) dengan jangka waktu tertentu.

 

Swasta Nasional jadi Prioritas

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia menyatakan, sebagai prioritas pertama akan diberikan kepada perusahaan swasta nasional sebelum ditawarkan kepada BUMN.

"Saya ingin prosesnya dibalik, diberi dulu hak pemrakarsa baru dilakukan studi kelayakan. Dengan demikian ada kepastian bahwa yang melakukan studi adalah pemrakarsa," pungkas Menteri Basuki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putri Tanjung Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi, Bukan Modal Nama Orangtua

Posted: 21 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Putri Tanjung jadi sorotan usai namanya disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantunya mengawal pemerintahan selama lima tahun ke depan.

Presiden Jokowi mendapuk Putri Tanjung sebagai satu dari tujuh staf khusus Presiden yang baru. Dara bernama lengkap Putri Indahsari Tanjung dianggap mewakili peran generasi milenial sarat prestasi.

Prestasi yang dimiliki putri konglomerat Chairul Tanjung itu bervariasi. Yang paling mencolok, soal kontribusi Putri Tanjung dalam menyebarkan "virus" wirausaha di kalangan generasi muda.

Itu menegaskan perannya sebagai CEO Creativepreneur sekaligus Chief Officer Kreatif yang kerap menyosialisasikan berbagai cara sebagai generasi muda kreatif dan unggul, dengan basis wirausaha.

 

 

Bukan Modal Nama Orangtua

Presiden Joko Widodo foto bersama para staf khususnya di Istana Merdeka, Jakarta (21/11/2019). Staf khusus baru kalangan milenial Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia/PMII Aminuddin Ma'ruf, Peraih beasiswa kuliah di Oxford Billy Gracia Yosaphat Mambrasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ditunjuknya Putri Tanjung sebagai staf khusus Presiden Jokowi disebut-sebut berbekal nama sang ayah, Chairul Tanjung. Namun dengan tegas, Putri Tanjung menolak anggapan tersebut.

 

 

 

Berkarya Sejak Usia 15 Tahun

Putri Tanjung. (Foto: instagram/ putri_tanjung)

"Saya memang suka dikaitkan dengan nama orang tua, tapi sejak usia 15 tahun saya sudah berkarya sendiri mendirikan Creativepreuner. Kami mengajarkan tentang branding dan kreatif," kata Putri Tanjung.

 

 

 

 

Staf Khusus Termuda

Putri Tanjung, anak dari konglomerat Chairul Tanjung. (dok. Instagram @putri_tanjung/https://www.instagram.com/p/BgfrccNlkop/Asnida Riani)

Prestasi lainnya, yakni soal status Putri Tanjung yang menjabat sebagai staf khusus Presiden Jokowi termuda. Hal tersebut diumumkan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

 

 

Usia 23 Tahun

Putri Tanjung

"Putri Indahsari Tanjung, umur masih sangat muda 23 tahun. Saya kaget 23 tahun," ujar Presiden Jokowi.

Putri Tanjung yang diundang bersama enam anak muda terpilih lainnya mengaku bersyukur lantaran dipercaya menjadi salah satu staf khusus Presiden tahun ini. "Alhamdulliah saya bersyukur banget di umur 23 ini bisa menjadi staf khusus, terima kasih Pak Jokowi," Putri Tanjung mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Razia PKL, Seorang Pedagang Berhasil Lolos

Posted: 21 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta 20 pedagang kaki lima terkena razia Satpol PP di Cakung, Jakarta Timur. Dalam razia ini seorang pedagang berhasil kabur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didakwa Kasus Korupsi, PM Israel Benjamin Netanyahu: Itu Percobaan Kudeta

Posted: 21 Nov 2019 07:58 PM PST

Liputan6.com, Yerusalem - Jaksa Agung Israel telah menuding Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terlibat suap, penipuan dan pelanggaran kepercayaan sehubungan dengan tiga kasus terpisah.

Mengutip BBC, Jumat (22/11/2019), Netanyahu dituduh menerima hadiah dari pengusaha kaya dan memberikan bantuan untuk mencoba mendapatkan liputan pers yang lebih positif.

PM Israel menggambarkan tuduhan itu sebagai "percobaan kudeta", menyalahkan mereka pada proses peradilan yang ternoda. Dia juga menegaskan tak akan mengundurkan diri dan tidak diwajibkan secara hukum untuk melakukannya.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Netanyahu mengatakan pihak berwenang "tidak mengejar kebenaran, mereka mengejar saya", dan meminta negara itu untuk "menyelidiki para penyelidik".

Sebelumnya, Jaksa Agung Avichai Mandelblit mengatakan dia membuat keputusan "dengan berat hati", tetapi mengatakan hal itu menunjukkan hukum Israel di atas segalanya.

"Penegakan hukum bukan pilihan. Ini bukan masalah kanan atau kiri. Ini bukan masalah politik," katanya.

Dakwaaan di Tengah Pertikaian Politik

PM Israel Benjamin Netanyahu menunjukkan peta Timur Tengah saat diskusi panel di Konferensi Keamanan Munich (18/2). Netanyahu menyatakan Israel bisa bertindak langsung melawan Iran. (AFP/ MSC Munich Security Conference / Lennart Preiss)

Pengumuman dakwaan itu dikeluarkan di tengah pertikaian politik di Israel, setelah dua pemilihan umum yang tidak meyakinkan pada bulan April dan September tahun ini.

Pada hari Rabu, saingan Netanyahu untuk jabatan perdana menteri, Benny Gantz, mengatakan dia tidak dapat membentuk koalisi pemerintahan dengan mayoritas di parlemen. Dia telah diberi kesempatan untuk mencoba setelah Netanyahu sebelumnya gagal melakukannya.

Presiden Israel Reuven Rivlin meminta anggota parlemen pada Kamis 21 Oktober untuk menyetujui calon perdana menteri dalam waktu 21 hari, dan menghindari pemilihan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam setahun.

Setelah dakwaan diumumkan, Gantz memosting dukungannya di Twitter untuk jaksa agung dan lembaga penegak hukum. Ia menulis bahwa dakwaan terhadap PM Netanyahu itu merupakan "hari yang sangat menyedihkan" bagi Israel. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: