Senin, 04 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pertumbuhan Ekonomi Melambat, Pemerintah Diminta Jaga Daya Beli

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2019 cuma 5,02 persen secara tahunan. Realisasi tersebut melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, 5,17 persen. Capaian tersebut juga lebih rendah dari kuartal II 2019 yang mencapai 5,05 persen.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, hal tersebut sesungguhnya sudah diprediksi oleh pelaku usaha. Dasar prediksi tersebut, yakni perlambatan ekonomi global.

"Kalau pengusaha sih sudah memperkirakan. Seperti yang diprediksi lah kita bilangnya," kata Rosan, di Jakarta, Selasa (5/11).

Pelaku usaha pun memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini tidak akan jauh-jauh dari angka lima persen. Indonesia tentu tidak bisa menghindari dampak perlambatan ekonomi global yang sedang terjadi.

"Karena kita lihat memang perlambatan pertumbuhan dunia, semua negara dikoreksi pertumbuhan dunia dikoreksi baik oleh IMF, World Bank, semua lakukan koreksi. Dan otomatis ya pasti ada dampaknya ke kita," jelas Rosan.

Menurut Rosan, konsumsi domestik masih menjadi andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi ke depan. Mengingat kontribusinya yang lebih dari separuh dari PDB.

"Konsumsi domestik kita kurang lebih 55 persen. Ibaratnya itu saja udah 3 persen sendiri dari pertumbuhan kita," jelas Rosan.

Karena itu, pemerintah perlu menjaga kinerja konsumsi domestik Indonesia dan menjaga daya beli masyarakat. Berbagai kebijakan yang berdampak langsung untuk menjaga dan mendorong daya beli perlu dibuat.

"Nah yang pemerintah perlu jaga kita lihat lebih realistis. Untuk tahun depan masih tidak gampang. Jadi kita harapkan investasi dari ekspor itu cukup menantang. Jadi mmg yg perlu dijaga domestik konsumsi kita," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,02 Persen di Kuartal III 2019

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kurtal III 2019 sebesar 5,02 persen (year on year/yoy). Angka ini lebih rendah dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2019 yang sebesar 5,05 persen yoy.

Selain itu, pertumbuhan ini juga lebih rendah jika dibandingkan dengan dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal III 2018 yang tercatat 5,17 persen yoy.

Namun jika dihitung secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia dari kuartal I 2019 hingga kuartal III 2019 mencapai 5,04 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal III 2019 tercatat 5,02 persen. Dibandingkan kuartal II 2018 pertumbuhan ekonomi tumbuh 3,06 persen," kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Di samping itu, BPS juga mencatat harga komoditas migas dan non-migas di pasar internasional pada kuartal III 2019 secara umum mengalami penurunan jika secara kuartal (q to q). Penurunan juga terjadi jika dibandingkan secara tahunan (yoy). Hal ini tentu berpengaruh pada perekonomian Indonesia.

Salah satunya terjadi penurunan harga rata-rata minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) pada kuartal III-2019 mengalami penurunan 16,5 persen dari kuartal II-2018.

Kemudian batu bara mengalami penurunan harga 42,7 persen serta minyak kelapa sawit (CPO) turun 6,85 persen, sementara harga karet naik 1,79 persen

"Di sisi lain, dari empat negara mitra dagang utama Indonesia, perekonomian tumbuh tapi cenderung melambat diantaranya adalah China, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Singapura. Ini semua faktor yang pengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seberapa Banyak Asupan Protein yang Baik, Ahli Gizi: Yang Sedang-Sedang Saja

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Investasi gizi melalui kecukupan asupan protein hewani yang berkualitas, seperti susu sapi dan daging tanpa lemak, berkontribusi menjadikan tubuh sehat. Tidak hanya pada anak, tapi juga orang dewasa.

Pakar gizi dari Universitas Indonesia, Prof Dr dr Saptawati Bardosono MSc, menjelaskan, asupan protein hewani penting bagi pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan si Kecil.

Sedangkan pada orang dewasa, rutin minum susu dua kali sehari, dengan tetap menerapkan pola makan yang seimbang baik terhadap pemeliharaan fungsi dan kesehatan jaringan, seperti otot rangka, otak, jantung, ginjal, hati, dan usus.

"Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi protein yang melebihi batas atas aman harus dihindari untuk mencegah efek negatifnya bagi kesehatan," kata Saptawati dalam diskusi FFI Milk Versation: Investasi Gizi Melalui Protein Hewani untuk Membangun Generasi Produktif di Jakarta pada Senin, 4 November 2019.

Jangan mentang-mentang sumber protein hewani itu baik, lantas kita tidak mengonsumsi sumber makan yang lain, seperti karbohidrat, serat, dan protein nabati.

"Tetap ada batas maksimalnya. Karena protein yang masuk akan dicerna oleh usus, oleh hati, dan dikeluarkan oleh ginjal. Kalau kita kebanyakan, tiga organ ini akan sangat over kerjanya. Sehingga akan mengalami banyak gangguan," katanya.

 

Alur Metabolisme

Pada kesempatan itu, Saptawati mememperlihatkan bagaimana metabolisme protein di tubuh kita.

1. Pencernaan protein dimulai di perut. Protein akan dipecah menjadi peptida.

2. Enzim pencernaan protein disekresikan dari pankreas ke usus kecil.

3. Hati berperan untuk mendistribusikan asam amino ke seluruh tubuh.

4. Asam amino diserap dari usus kecil ke aliran darah.

5. Dalam usus kecil, berbagai jenis enzim memecah peptida yang lebih besar menjadi asam amino.

6. Sebagian kecil protein hilang dalam bentuk feses.

"Jadi, kalau ini berlebihan, banyak sekali gangguan. Perutnya jadi tidak nyaman dan kemudian akan ginjalnya akan kerja keras hatinya akan kerja keras. Untuk mengetahuinya, coba teman-teman periksa di laboratorium itu semua," Saptawati mengimbau.

Investasi gizi melalui kecukupan asupan protein hewani yang berkualitas, lanjut Saptawati, memang penting. Namun, harus tahu batasan dan takaran agar kegunaannya untuk masa pertumbuhan dan perkembangan kesehatan terutama pada anak, supaya bisa menjadi generasi yang unggul, dapat diserap sempurna.

"Protein hewani yang berkaulitas akan memelihara kesehatan dan fungsi dari otot rangka, otot, ginjal, jantung, dan usus pada orang dewasa. Kita semua pengin sehat, kan? Ingat, tidak boleh melewati batas aman karena tetap akan ada efek negatifnya. Kekurangan tidak boleh, kelebihan pun tidak boleh. Yang sedang-sedang saja," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Risma Apresiasi Aksi Kreatif Para Finalis Pangeran-Putri Lingkungan Hidup

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 60 siswa Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup berkunjung ke kediaman Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Kehadiran para finalis ke rumah dinas wali kota dalam rangkaian penyematan selempang  Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup surabaya 2019. Mereka tak datang sendiri, masing-masing finalis didampingi para orangtua, guru sekolah dan aktifis dari organisasi lingkungan hidup "Tunas Hijau".

Presiden Tunas Hijau, Mohammad Zamroni mengatakan, Pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup ini diselenggarakan sejak 2002. Untuk mengikuti proses pemilihan, sebelum mendaftar, pihak panitia mewajibkan mereka memiliki proyek berupa aksi-aksi lingkungan. Proyek tersebut berkaitan dengan langkah solutif atas persoalan lingkungan yang terjadi di sekitar tempat tingga mereka.

Zamroni menyebutkan, pemilihan pangeran dan putri lingkungan hidup tahun 2019 yang digelar Tunas Hijau diikuti 400 peserta, terdiri dari 200 siswa SD dan 200 siswa SMP.

Di hadapan Wali Kota Risma dan Kepala Dinas Pendidikan, Ikhsan, para peserta ditanya langsung seputar aksi lingkungan dan produk-produk yang dihasilkan. Presiden Tunas Hijau tunas Hijau Mohammad Zamroni mengatakan, di tahapan seleksi, peserta didampingi, aktifis Tunas Hijau dan guru sekolah untuk mengembangkan proyek.

"Mulai dari membuat media promosi proyek, bagaimana kampanye di luar dan mengajak keluarga mereka untuk mendukung proyek yang dikerjakan," ujar dia, Senin, 4 November 2019.

Ia mengungkapkan, di setiap melakukan aksinya, peserta wajib meng upload ke media sosial instagram. Aksi yang mereka lakukan, bisa berupa kegiatan menanam pohon, mendaur ulang ataupun kegiatan kreatif  dan inovatif lainnya.

"Penilaiannya, tinggal melihat aksi mereka di instagram. Bisa juga dengan memantau langsung di lapangan," kata dia.

Kegiatan Pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup ini, merupakan cikal bakal program lingkungan Se-Indonesia. Di Kementerian Lingkungan Hidup, program ini pernah dijadikan ikon, sebelum muncul program lingkungan lainnya.

"Dari kegiatan seperti ini, mantan pesertanya bahkan ada yang menjadi duta PBB lingkungan untuk kawasan Asia Pasifik," ungkap Zamroni.

Pesan Risma

Sebanyak 60 siswa Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup berkunjung ke kediaman Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Risma mengaku, bangga, dan menilai jerih payah para siswa tersebut dalam melakukan aksi lingkungan begitu luar biasa.

"Yang kalian lakukan ini luar biasa. Jauh melebihi dari kapasitas usia dan fisik kalian," ujarnya memuji.

Risma menegaskan, apa yang dilakukan para pegiat lingkungan ini membantu menyelesaikan persoalan dunia, yakni Global Warming atau perubahan iklim. Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi sekaligus akan memberikan penghargaan.

"Saya harap, kalian tak berubah. Kalian tahu, kenapa saya rajin menanam pohon, karena pohon mengeluarkan oksigen yang dibutuhkan manusia, Maka, dengan begitu kita bisa menolong orang lain," kata dia.

Risma kembali mencontohkan, perlunya aksi lingkungan untuk mengatasi sampah. Menurutnya, jika tak diolah, sampah akan menjadi musuh paling besar. Oleh karena itu, ia berharap, para peserta mengajak keluarganya untuk menjaga kebersihan.

Di hadapan finalis Pangeran dan puti lingkungan, Risma menanyakan satu persatu produk serta aksi lingkungan yang telah dilakukan para peserta. Ni Nyoman Gayatri, siswa SMPN 6 Surabaya yang mengembangkan proyek lidah buaya di perumahan Wiguna Tengah dan Wiguna Timur memaparkan aksinya. Ia mengaku, disamping melakukan sosialisasi bagaimana pengelolaan, dan pembibitan lidah buaya. Dirinya juga mengembangkan kegiatan kewirausahaan dari tanaman lidah buaya, menjadi produk sabun, teh, shampo dan pupuk.

"Dengan kegiatan ini selain untuk penghijauan, juga meningkatkan ekonomi masyarakat," sebutnya.

Dari aksi lingkungan yang digeluti selama hampir dua tahun ini, Gayatri mengaku telah mendapatkan keuntungan dari berbagai produk yang dijual secara langsung ke masyarakat maupun secara on line sekitar Rp. 3,5 juta.

Finalis lainnya, Mutiara Nurhapsari, siswa SDN Sawahan 4 memaparkan,hasil kerja inovatifnya berupa membuat pupuk dari kulit telur. Ia menyampaikan, alasan memiliki ide mendaur ulang sampah kulit telur, setelah melihat banyaknya pengusaha kuliner disekitar kampungnya.

"Di tempat saya, banyak pengusaha home industry kue. Saya manfaatkan kulit telur yang dibuang untuk pupuk," ujar dia.

Mutiara mengatakan, proses pembuatan pupuk dari kulit telur tidaklah sulit. Kulit telur tinggal dicuci, dijelur kemudian diblender langsung bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman, tanpa campuran kimia apapun.

Tak sekadar pupuk, dengan bahan dasar kulit telur juga bisa diolah kembali menjadi minuman kunyit asam, serta bumbu dapur. Selama setahun mendaur ulang kulit telur, siswa kelas 6 ini mengaku telah mendapatkan hasil penjualan produk sedikitnya Rp 2 juta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berfokus pada Bunyi-bunyian, Ranah PAC Tampilkan Sandiwara Pekaba

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memaknai seni pementasan tak selalu dengan mengerti apa yang disampaikan oleh para pelaku di atas pentas. Ada kalanya, pemaknaan dikembalikan pada bagaimana penonton menangkap apa yang ditampilkan. Itulah kira-kira gambaran singkat Pementasan Sandiwara Pekaba yang ditampilkan oleh Ranah Performing Arts Company (PAC).

Sandiwara yang dipentaskan pada Minggu (03/11/2019) di Galeri Indonesia Kaya itu lebih memusatkan pada bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh para pelaku di atas panggung. Baik dari dentingan piring, gebrakan meja kayu, tabuhan beberapa alat musik, sampai bunyi-bunyian melengking yang dinyanyikan oleh pemain. Memang ada sedikit kata-kata yang dinyanyikan, tapi tidak banyak. Itu pun dalam bahasa Minang yang mungkin tidak semua penonton mengerti.

Meski demikian, secara garis besar penonton dapat menangkap esensi dari sandiwara tersebut. Bagaimana tiap pemain bergantian menabuh, mendenting piring, menggebrak meja. Adakalanya itu dilakukan bersamaan saat menuju klimaks.

 

 

Selanjutnya

Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Sisipan silat Minang dan dendang yang dinyanyikan, menambah daya magis dari pertunjukan tersebut. Beberapa kali, pemain melakukan gerakan akrobatik yang membuat penonton menahan napas.

Minimnya dialog dalam pertunjukan ini bukan tanpa sebab. Pada dasarnya, pentas ini mempertunjukkan para Pakaba (juru cerita dalam tradisi lisan Minangkabau) yang saling bertarung menggunakan bahasa. Namun bila merunut ke masa lampau, bahasa tak hanya berupa kata atau kalimat verbal saja.

"Bahasa sejatinya tidak cuma kata atau kalimat verbal. Tapi bunyi yang datang dari man saja: tubuh, perkakas sehari-hari, alat musik, dan lain-lain," ungkap S Metron M selaku Direktur Artistik Ranah PAC.

 

 

Selanjutnya

Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam Sandiwara Pekaba, bahasa dipulangkan ke hulunya, yakni bunyi. Berinteraksi tak lagi sepenuhnya dengan kosakata, tapi dengan kosabunyi dan kosagerak.

Sandiwara Pekaba telah dipentaskan di beberapa kota. Sejak tahun 2014, pementasan ini telah ditampilkan di kota-kota besar seperti Padang, Pekanbaru, Solo, Medan, Jakarta, bahkan Singapura. Menariknya, seiring berjalannya waktu, sandiwara ini terus mengalami perubahan dan perbaharuan.

 

 

Selanjutnya

Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Metron menjelaskan jalan panjang menuju bisa dipentaskannya sandiwara ini. Menurut dia, ide datang saat ia melihat zikia pano (salah satu alat yang digunakan pada Sandiwara Pekaba, red) dalam sebuah festival. Ia menemukan bahwa alat itu digunakan untuk menandingi bunyi marching band Belanda kala Perang Padri.

"Ini kemudian membuat saya ingin mengangkat pertunjukan yang berdasarkan pada bunyi," ujar dia.

Setelah merampungkan ide, pemain yang terlibat diharuskan belajar silat tradisi untuk menguatkan kuda-kuda. Ini dilakukan selama setahun. Tak hanya itu, pemain juga diminta mempelajari tari piring yang kemudian terdapat di dalam pementasan, langsung dari akarnya.

 

 

Selanjutnya

Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Soal formasi pemain pun, Metron mengakui kerap mengalami perubahan. Ada kalanya pementasan dilakukan oleh tiga, empat, bahkan lima orang. Perubahan dilakukan sesuai dengan kesediaan pemain untuk terlibat dalam sandiwara tersebut saat akan dipentaskan di suatu tempat. Sebab pada faktanya, tidak semua pemain memiliki waktu yang fleksibel untuk terlibat.

Ke depannya, mereka berharap akan semakin banyak yang mengundang Ranah PAC untuk tampil agar seni tradisi bunyi-bunyian Minangkabau dapat menjangkau ke tempat-tempat lainnya. Turut terlibat pada Sandiwara Pekaba yakni Fariq Alfaruqi selaku Pimpinan Produksi, Heru Joni Putra selaku Dramaturgis, S Metron M selaku Direktur Artistik, serta Vendo Olvanlanda, Syahrul Huda, Roby Satria, dan Afdhal Zikri sebagai performer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia 2019: Seri Penutup Tahun Ini

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Valencia - Musim balap MotoGP 2019 segera memasuki seri penutup. Balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol menjadi yang terakhir pada MotoGP musim ini.

Balapan MotoGP Valencia akan berlangsung pada 15-17 November 2019. Namun, balapan itu sudah tidak lagi menentukan, karena Marc Marquez sudah memastikan gelar juara dunia tahun ini.

Tapi, Marquez baru saja memecahkan rekor poin Jorge Lorenzo ketika menjadi juara dunia 2010. Marquez sudah mengoleksi 395 poin sejauh ini, sedangkan Lorenzo mendulang 383 poin saat menjadi juara dunia 2010.

The Baby Aliens malah berpeluang menambah lagi pundi-pundi poinnya, karena masih ada balapan MotoGP Valencia. Namun, Sirkuit Ricardo Tormo bukan favorit Marquez, karena dia terakhir menang di Valencia terjadi pada MotoGP 2014.

Musim lalu, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang finis terdepan di MotoGP Valencia 2018. Berikut jadwal MotoGP Valencia, yang merupakan balapan terakhir dalam kalender balap tahun ini.

Jadwal MotoGP Valencia

Suasana balapan MotoGP Valencia 2018 yang diwarnai hujan deras di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (18/11/2018). (AFP/Jose Jordan)

Jadwal MotoGP Valencia Spanyol 2019

Jumat 15 November 2019

15:00 - 15:40, FP1 Moto3

15:55 - 16:40, FP1 MotoGP

16:55 - 17:35, FP1 Moto2

19:15 - 19:55, FP2 Moto3

20:10 - 20:55, FP2 MotoGP

21:10 - 21:50, FP2 Moto2

Sabtu 16 November 2019

15:00 - 15:40, FP3 Moto3

15:55 - 16:40, FP3 MotoGP

16:55 - 17:35, FP3 Moto2

18:35 - 18:50, Q1 Moto3

19:00 - 19:15, Q2 Moto3

19:30 - 20:00, FP4 MotoGP

20:10 - 20:25, Q1 MotoGP

20:35 - 20:50, Q2 MotoGP

21:05 - 21:20, Q1 Moto2

21:30 - 21:45, Q2 Moto2

Minggu 17 November 2019

14:20 - 14:40, WU Moto3

14:50 - 15:10, WU Moto2

15:20 - 15:40, WU MotoGP

17:00, Race Moto3

18:20, Race Moto2

20:00, Race MotoGP

Klasemen MotoGP 2019

Berikut klasemen sementara MotoGP 2019 usai Seri Malaysia

Klasemen Pembalap

Marc Marquez - Honda - 395 poin

Andrea Dovizioso - Ducati - 256

Maverick Vinales - Yamaha - 201

Alex Rins - Suzuki - 194

Danilo Petrucci - Ducati - 176

Fabio Quartararo - Yamaha - 172

Valentino Rossi - Yamaha - 166

Jack Miller - Ducati - 149

Cal Crutchlow - Honda - 133

Franco Morbidelli - Yamaha - 115

Pol Espargaro - KTM - 94

Joan Mir - Suzuki - 83

Takaaki Nakagami - Honda - 74

Aleix Espargaro - Aprilia - 56

Francesco Bagnaia - Ducati - 54

Andrea Iannone - Aprilia - 43

Miguel Oliveira - KTM - 33

Johann Zarco - Honda - 30

Jorge Lorenzo - Honda - 25

Tito Rabat - Ducati - 18

Stefan Bradl - Honda - 16

Michele Pirro - Ducati - 9

Hafizh Syahrin - KTM - 8

Sylvain Guintoli - Suzuki - 7

Karel Abraham - Ducati - 7

Mika Kallio - KTM - 3

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Terkini Pencarian WNA Tiongkok di Perairan Pulau Sangiang

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Serang - Saat Warga Negara Asing (WNA) Tiongkok menyelam di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Banten, pada Minggu, 3 November 2019, kondisi gelombang sedang tinggi.

"Waktu kejadian ombak agak tinggi, sebenarnya masih bisa dilakukan penyelaman," kata Kasubsi Operasional Basarnas Banten, Hairu Amir, di Posko SAR Gabungan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin (4/11/2019).

Terlihat, sanak keluarga dari ketiga korban mulai berdatangan di posko SAR dan terus mencari informasi mengenai kondisi penyelam asal Tiongkok tersebut. Namun, kendala bahasa menjadi faktor komunikasi yang kurang intens.

Pencarian hingga hari ini, Selasa, 5 November 2019, belum membuahkan hasil. Tiga penyelam WNA Tiongkok yang hilang, yakni Tan Xuz Tao, Wan Bzng Yang, dan Tian Yu belum juga ditemukan.

"Sejauh ini kita lakukan pencarian bersama teman-teman SAR gabungan, sampai detik ini WNA belum ditemukan," terangnya.

Sebelumnya, sempat diberitakan bahwa, tujuh WNA Tiongkok melakukan penyelaman di perairan Pulau Sangiang, pada Minggu, 3 November 2019. Mereka berangkat dari Pantai Mabak sekitar pukul 13.30 WIB. Kemudian, mereka sampai di perairan Pulau Sangiang sekitar pukul 13.45 WIB dan langsung melakukan penyelaman.

Penyelam dibagi dalam dua kelompok, kelompok pertama muncul ke permukaan laut sekitar pukul 14.45 WIB. Tim kedua sempat muncul kemudian masuk ke dalam air lagi dan tidak muncul kembali. Dugaan sementara, para turis asal Tiongkok ini terseret arus bawah laut.

Pencarian pun menggunakan helikopter Basarnas yang sedang melakukan latihan di Pantai Anyer, tiga unit kapal milik TNI AL, yakni KAL Tamposo, KAL Badak, dan KSL Sangiang. Hingga KN SAR Drupada Banten milik Basarnas pun dikerahkan.

Nama WNA Tiongkok yang selamat saat penyelaman tersebut, adalah You Shi Jie (L), Xu Jun (L), Che Yin Xing (P). Sementara, Yang Lixiang (L) selamat karena tidak ikut menyelam.

Proses Pencarian

WNA Tiongkok tenggelam di Perairan Pulau Sangiang. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

"Korban yang selamat yakni You shi Jie, Xu jun (L), Che Yin Xin, dan Yang Lixiang," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardy, melalui pesan singkatnya, Selasa (06/11/2019).

Dia pun memastikan tim SAR Gabungan dari Polairud Polda Banten, Basarnas Banten, TNI AL hingga PMI terus melakukan pencarian di sekitar perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Banten. Bahkan, Dokkes dan DVI Polda Banten pun disiagakan untuk memeriksa kesehatan petugas SAR dan melakukan pengecekkan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

Tim Polairud Polda Banten pun menerjunkan Remotely Operated Vehicle (ROV), untuk melihat kondisi di dalam laut. Namun, hingga siang ini, belum mendapatkan hasil yang signifikan.

"Hasil pencarian baik menggunakan drone bawah laut dan pengamatan penyisiran langsung belum mendapatkan hasil, korban belum diketemukan. Jika cuaca membaik, team akan terus melakukan pencarian. Mohon doa dari masyarakat supaya korban cepat ditemukan," jelasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Persiapan Pemain Chelsea Jelang Hadapi Ajax di Stamford Bridge

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Pelatih Chelsea, Frank Lampard melihat pemainya berlatih di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Pelatih Chelsea, Frank Lampard melihat pemainya berlatih di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Para pemain Chelsea melakukan pemanasan saat mengikuti sesi latihan tim di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Para pemain Chelsea melakukan pemanasan saat mengikuti sesi latihan tim di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Gelandang Chelsea, Mateo Kovacic (kanan) mejuggling bola didepan Jorginho selama latihan tim di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Gelandang Chelsea, Mateo Kovacic (kanan) mejuggling bola didepan Jorginho selama latihan tim di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Gelandang Chelsea, Mason Mount (kiri) berbincang dengan bek Fikayo Tomori saat tiba mengikuti latihan tim di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Gelandang Chelsea, Mason Mount (kiri) berbincang dengan bek Fikayo Tomori saat tiba mengikuti latihan tim di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga tiba menghadiri sesi latihan tim di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga tiba menghadiri sesi latihan tim di Stoke D'Abernon, barat daya London (4/11/2019). Chelsea akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada Grup H Liga Champions. (AFP Photo/Glyn Kirk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alexandra Grant, Pacar Baru Keanu Reeves

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktor Keanu Reeves pamer pacar baru saat menghadiri sebuah pagelaran seni di Los Angeles, AS. Ia berpacaran dengan seorang seniman bernama Alexandra Grant.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mutia Ayu Istri Glenn Fredly Akui Sedang Hamil, Ini Buktinya

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istri Glenn Fredly, Mutia Ayu, beberapa waktu lalu sempat dikabarkan tengah berbadan dua. Namun keduanya belum mengonfirmasi kebenaran isu tersebut.

Namun yang terbaru, Mutia Ayu seakan membenarkan kabar tersebut melalui sebuah unggahan di Instagram Story. Dalam unggahan tersebut, Mutia Ayu menjawab permintaan warganet terkait make up yang ia gunakan sehari-hari.

Unggahan Mutia Ayu tersebut kemudian diunggah ulang oleh sebuah akun gosip di Instagram, @mak_nyiyir2.

"Terlalu banyak DM yang tanya tentang makeup sehari2. Next aku kasih tau,, Lewat Live IG/ IG TV ajh ya,," tulis Mutia Ayu.

 

Ibu Hamil

Mutia Ayu saat menikmati keindahan Sumba Timur (Dok.Instagram@mutia_ayuu/https://www.instagram.com/p/B3V0NRbn4gD/Komarudin)

Yang menjadi sorotan adalah kalimat selanjutnya dari Mutia Ayu. Ia menyebut dirinya dengan kata "bumil" yang merupakan akronim dari "ibu hamil".

"kalo satu2 bales Bumil Pusing," lanjut Mutia Ayu.

 

Unggahan Glenn Fredly

Glenn Fredly mengumumkan kehamilan istrinya (Instagram)

Sementara itu, gosip kehamilan Mutia Ayu juga sempat muncul gara-gara unggahan sang suami, Glenn Fredly.

Glenn Fredly menyampaikan kabar bahagia tersebut secara tidak langsung lewat foto yang ia unggah di Instagram. Penyanyi bersuara merdu ini memotret sang istri yang tampak sedang memegang perutnya.

"Love you both forever.. Romansa ke masadepan," tulis Glenn Fredly dalam bahasa Inggris.

 

Berdua

Glenn Fredly dan Mutia Ayu (Sumber: Instagram/mutia_ayuu)

Dalam postingan tersebut Glenn memang tak menyebutkan kata hamil di dalamnya. Namun ia menyebut kata 'Kalian berdua', sementara dalam frame itu hanya ada Mutia.

Yang artinya, ada sosok lain yang ada di dalam diri Mutia. Tidakkah itu jabang bayi di kandungan sang istri? Posenya yang memegang perut pun menjadi sebuah penanda bahwa foto ini adalah maternity shoot alias pemotretan kehamilan.

Sayangnya, dalam unggahan tersebut, Glenn Fredly menonaktifkan kolom komentar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy S11 Bakal Punya Sensor 108MP

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan teknologi, smartphone memiliki berbagai fitur dengan kemampuan lebih baik, termasuk dari sisi kamera. Samsung, misalnya, dilaporkan akan merilis Galaxy S11 pada tahun depan dengan sensor beresolusi 108MP.

Dilansir dari Phone Arena, Selasa (5/11/2019), informasi baru ini disampaikan oleh akun Ice Universe di Twitter. Akun ini terkenal dengan berbagai bocorannya tentang smartphone baru.

Sensor 108MP ini merupakan kolaborasi Samsung bersama Xiaomi yang diumumkan pada Agustus lalu. Sensor 108MP ISOCELL Bright HX ini merupakan memiliki resolusi 12.031 x 9024 piksel.

Generasi kedua sensor gambar 108MP kemungkinan akan memiliki beberapa peningkatan dari pada versi awal, seperti kemampuan mengambil cahaya yang cukup untuk memproduksi foto dalam kondisi minim cahaya. Sensor generasi pertama akan memulai debutnya pada handset Xiaomi.

Galaxy S11 diprediksi akan diumumkan sebelum Mobile World Congress (MWC) 2020 dimulai di Barcelona, Spanyol, pada 24 Februari mendatang. Pengembangan software untuk varian Amerika Serikat (AS) dari S11e, S11, dan S11+ dilaporkan sudah dimulai.

Galaxy S11 dengan Dukungan 5G

Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Samsung dilaporkan akan merilis semua varian Galaxy S11 pada tahun depan dengan dukungan 5G. Berbeda dengan tahun lalu karena Samsung merilis Galaxy S10 5G secara terpisah.

Galaxy S11 untuk pasar AS akan hadir dengan prosesor Snapdragon 865 milik Qualcomm. Versi internasional perangkat flagship tersebut akan disokong prosesor Exynos 9830 yang saat ini belum diumumkan.

Keluarga Galaxy S11 kemungkinan besar akan hadr dengan layar Infinity-O, yang menggunakan lubang pada layar sebagai tempat kamera depan. Desain ini membuat Samsung bisa mengurangi ukuran bezel, yang kemungkinan akan lebih tipis dibandingkan Galaxy S10.

Samsung Sontek Teknologi Kamera Baru iPhone untuk Galaxy S11?

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Akun Ice Universe beberapa waktu lalu juga memberikan bocoran soal kamera Galaxy S11. Samsung disebut akan membekali smartphone tersebut dengan fitur kamera seperti pada iPhone 11 Pro.

"Samsung juga mengembangkan fungsi 'Deep Fusion' mirip seperti pada iPhone 11 Pro, dan sangat memainkan peran NPU dalam pengambilan gambar dan foto. Kita bisa melihatnya pada Galaxy S11," tulis Ice Universe.

Dikutip dari Computer World, Deep Fusion merupakan sistem pemrosesan gambar baru yang diaktifkan oleh Neural Engine dari chip A13 Bionic.

Deep Fusion memanfaatkan kemampuan machine learning untuk melakukan pemrosesan pixel-by-pixel dari foto, mengoptimalkan tekstur, detail, dan noise di setiap bagiannya.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Mengejutkan di Balik Hubungan Seksual di Seluruh Dunia

Posted: 04 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang di seluruh dunia pasti ada yang berhubungan seks, dan berdasarkan hal tersebut, sebuah perusahaan alat kontrasepsi asal Inggris 'Durex' melakukan penelitian mengenai hubungan seksual di seluruh dunia.

Durex melakukan dua survei, Survei Kesejahteraan Seksual mereka (2007-2008) dan Face of Global Sex (2012). Sebuah perusahaan pemungutan suara, Harris Interactive, juga membantu dalam membuat polling online ukuran sampel besar yang dirancang untuk mengambil sampel representatif dari para pembenci seks heteroseksual dari sejumlah negara di dunia.

Untuk laporan yang dirancang terutama dengan mempertimbangkan kepentingan perusahaan Durex, laporan tersebut cukup baik dilakukan. Data ini juga mengungkapkan banyak hal menarik tentang seberapa banyak orang di berbagai negara menikmati seks, ketika mereka cenderung melakukannya, dan kesetaraan gender (atau ketiadaan) dalam kenikmatan seksual.

Dikutip dari Vox pada Senin (4/11/2019) ini lah empat fakta yang merangkum mengenai hubungan seksual di dunia berdasarkan survei dari Durex.

1. Melakukan Hubungan Seks di Meksiko dan Nigeria Lebih Menyenangkan

Presentase orang yang merasa dihormati saat melakukan seks (Vox/Durex Sexual Wellbeing Survey)

Dalam survei, tingkat kegairahan Meksiko dan Nigeria melebihi negara lainnya. Walaupun sebenarnya, wawancara Nigeria dilakukan secara langsung, tidak online seperti survei lainnya. Itu mungkin menimbulkan beberapa bias dalam hasilnya.

Untuk Meksiko, Durex temukan adalah bahwa orang cenderung lebih bahagia dengan kehidupan seks mereka ketika mereka merasa dihargai selama melakukan. Dan orang-orang Meksiko merasa lebih dihormati daripada siapa pun di dunia.

2. Orang Jepang Tak Bahagia dengan Kehidupan Seksnya

Presentase orang yang merasa bahagia saat melakukan seks (Vox/Durex Sexual Wellbeing Survey)

Dalam penelitian yang dilakukan di Jepang juga, hanya 10 persen dari mereka yang bahagia dalam melakukan hubungan seks.

Tiga puluh empat persen orang Jepang melaporkan melakukan hubungan seks setiap minggu. Negara terendah berikutnya, agak mengejutkan Amerika Serikat, melaporkan tingkat seks 53 persen per minggu. Tidak mengherankan bahwa orang Jepang jarang melakukan hubungan seks yang tidak memuaskan.

Selama bertahun-tahun, Jepang melaporkan beberapa jam kerja rata-rata terpanjang di dunia. Dalam dan dari dirinya sendiri, ini membuat seks lebih kecil kemungkinannya.

Semakin buruknya, Norma budaya dan bisnis Jepang sangat tidak mendorong perempuan untuk menikah jika mereka ingin berhasil di tempat kerja, sehingga pernikahan menurun.

3. Variasi Kesenjangan Orgasme Antara Jenis Kelamin

Kesenjangan Orgasme secara Global (Vox/Durex Sexual Wellbeing Survey)

Sekitar 48 persen orang di seluruh dunia orgasme "selalu" atau "hampir selalu". Tidak mengherankan, angka untuk pria (61 persen) adalah 28 poin lebih tinggi dari yang setara untuk wanita (33 persen).

Dari penelitian ini, perbaikan dalam kedudukan perempuan di masyarakat tidak selalu berarti peningkatan dalam kemitraan seksual. Membuat seks lebih adil dalam setidaknya satu cara penting - menempatkan orgasme wanita pada alas yang sama dengan padanan laki-lakinya - adalah masalah yang bahkan belum diselesaikan oleh negara-negara maju.

4. Orang-Orang di Asia Cenderung Cukup Tua Kehilangan Keperawanan

Umur rata-rata saat kehilangan keperawanan (Vox/Durex Face of Global Sex Report)

Negara-negara Asia memiliki usia rata-rata kehilangan keperawanan yang jauh lebih tinggi daripada negara-negara pada dasarnya di tempat lain.

Sebuah studi lain yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan jurnal medis Lancet yang bergengsi mengkonfirmasi bahwa negara-negara Asia cenderung memiliki usia rata-rata kehilangan keperawanan yang lebih tinggi daripada rata-rata global.

Aspek dari hal ini bisa dari berbagai macam hal, karena setiap bagian benua punya keberbedaan, seperti Asia Timur karena faktor 'budaya'.

 

Reporter: Windy Febriana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Emmy Syarif Ibunda BCL yang Awet Muda

Posted: 04 Nov 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi musik Tanah Air tentunya sudah tak asing dengan sosok Bunga Citra Lestari. Wanita yang akrab disapa BCL ini merupakan salah satu penyanyi wanita yang memiliki suara lembut dan merdu. Tak hanya terjun di dunia tarik suaram ia juga kerap berakting di beberapa film populer di Indonesia.

Wanita kelahiran Jakarta, 22 Maret 1983 ini pernah membintangi film populer seperti My Stupid Boss, Habibie & Ainun, dan 3 Srikandi. Bakatnya dalam bidang musik maupun akting tak perlu diragukan lagi. Nama BCL tentunya sangat diperhitungkan di industri hiburan Tanah Air.

BCL juga melebarkan sayapnya dan menjajal dunia bisnis. Ia memiliki usaha di berbagai bidang seperti kuliner, kosmetik hingga fashion. Kehidupann pribadinya pun juga tak pernah diterpa gosip miring.

Menjadi selebriti sukses di Tanah Air, membuat BCL tak lepas dari sorotan media. Para penggemarnya pun tak bosan untuk mengulik kehidupan pribadinya. Salah satunya yang jarang tersorot adalah ibu BCL, Emmy Syarif.

Meski jarang tersorot keduanya kerap membagikan momen bersama di akun Instagram. Berikut potret Emmy Syarif Ibunda BCL yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (5/11/2019).

1. Nah ini dia Emmy Syarif, Ibunda penyanyi cantik Bunga Citra Lestari.

Emmy Syarif (Sumber: Instagram/@emmymuchlis)

2. Emmy Syarif kerap menghabiskan waktu bersama dengan teman-temannya.

Emmy Syarif (Sumber: Instagram/@emmymuchlis)

3. Ibunda BCL ini berprofesi sebagai dokter gigi lho.

Emmy Syarif (Sumber: Instagram/@emmymuchlis)

4. Emmy Syarif juga sangat dekat dengan sang cucu. Ia kerap membagikan momen bersama Noah.

Emmy Syarif (Sumber: Instagram/@emmymuchlis)

5. Meski sudah memiliki kerutan, Emmy Syarif terlihat cantik dan awet muda.

Emmy Syarif (Sumber: Instagram/@emmymuchlis)

6. Sudah memiliki cucu ia tidak merubah penampilannya, gaya Emmy terlihat kekinian.

Emmy Syarif (Sumber: Instagram/@emmymuchlis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga Awal November, Penyerapan Anggaran Kementerian PUPR Baru 65 Persen

Posted: 04 Nov 2019 09:53 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto mengatakan, penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga awal November ini telah baru mencapai 65 persen. Angka tersebut masih jauh dari target sepanjang tahun yang mencapai Rp 102,2 triliun.

"Saya kira kalau penyerapan, kita kan masih sekitar (sisa) dua bulan. Sekarang posisinya sudah sekitar 65 persen kita optimalkan," ujar dia saat acara Konferensi Nasional Teknik Jalan (KNTJ) ke-10 di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Pria yang akrab disapa Sugi ini menekankan, proses penyerapan anggaran bukan jadi tolak ukur utama terkait penggunaan anggaran. Sebab, banyak proyek dibawah wewenang instansi yang bersifat kontrak tahun jamak (multiyears contract) dan tidak harus selesai di tahun yang sama.

"Saya kira ukurannya bukan tingginya penyerapan, tapi lebih kepada kualitas pekerjaannya," ujar dia.

Untuk target penyerapan anggaran pada 2020 mendatang, ia berharap banyak proyek yang bersifat multiyears tersebut dapat segera rampung.

"Harapannya semua multiyears bisa selesai, karena sebagian multiyears atau yang mengalami perpanjangan waktu. Seperti Jembatan Yahuli (di Papua) itu mungkin karena banjir sehingga mengalami kemunduran bulan Maret baru selesai," tuturnya.

Sri Mulyani: Serapan Anggaran Kementerian PUPR Masih di Bawah 50 Persen

Aktivitas pekerja konstruksi menyelesaikan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (29/10/2019). Sertifikasi sebagai upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pekerja yang memiliki kompetensi guna menunjang pengerjaan proyek infrastrukstur saat ini dan masa mendatang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mencatat penyerapan anggaran di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru mencapai sekitar 48,5 persen hingga akhir September 2019. Penyerapan itu masih tergolong kecil mengingat kementerian tersebut mendapatkan alokasi anggaran terbesar yakni Rp110,7 triliun dalam APBN 2019.

"Dari sisi jumlah penyerapan hingga akhir September, PUPR yang memiliki anggaran tersbesar masih belum menyelesaikan 50 persen dari anggarannya," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama dengan Komosi XI, di DPR RI, Jakarta, Senin (4/11/2019). 

Adapun, minimnya serapan yang dilakukan Kementerian PUPR ini dikarenakan adanya proyek pembangunan yang memang dikerjakan secara berlanjut dari tahun ke tahun.

"Karena ada pembangunan yang multiyears, sehingga pembangunan infrastruktur tersebut enggak harus selesai tahun ini," kata Sri Mulyani.

Sementara itu, terdapat 9 kementerian atau lembaga (K/L) lainnya yang memiliki anggaran besar, tingkat serapannya hingga akhir September 2019.

Adapun penyerapan tertinggi yakni oleh Kementerian Sosial yang serapannya mencapai 83,3 persen dari anggaran yang didapatkan sebesar Rp58,9 triliun dalam APBN 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Idham Azis Safari ke 3 Matra TNI Siang Ini

Posted: 04 Nov 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Idham Azis rencananya kembali melakukan kunjungan ke sejumlah instansi penegak hukum. Untuk hari ini, Selasa (5/11/2019), mantan Kabareskrim Polri itu akan safari ke tiga Matra TNI.

"Pukul 13.00 WIB saya akan dampingi Kapolri silaturahmi sebagai Kapolri baru. Rencana beliau diterima di Mabes TNI, Kepala Staf Angkatan Udara, Kelapa Staf Angkatan Udara, Kepala Staf Angkatan Laut, gitu ya," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Pada Senin 4 November 2019, Kapolri Idham Azis telah mengunjungi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, dan Jaksa Agung ST Burhannuddin di Kantor Kejaksaan Agung.

Saat di KPK, Kapolri Idham berjanji segera menuntaskan kasus penyerangan air keras yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan.

 

Cari Sosok Kabarekrim

Pimpinan KPK Agus Rahardjo (kanan) dan Kapolri Jenderal Idham Azis (kiri) salam komando usai menggelar pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (4/11/2019). Pertemuan membahas sinkronisasi antara Kepolisian dengan KPK. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dia akan mencari perwira untuk menduduki Jabatan Kabareskrim. Kursi Kabareskrim kini kosong setelah ditinggal Idham Azis. Idham menyampaikan, Kabareskrim yang dipilih itulah yang merampungkan kasus Novel.

"Namun di dalam Polri itu ada yang namanya Wanjakti. Wanjakti ini dewan kebijaksanaan tertinggi yang dipimpin oleh Bapak Wakapolri, tentu nanti kita akan cari perwira yang terbaik," ujar Idham.

Kapolri juga menyambangi Kejaksaan Agung. Dia menyebut pertemuannya dengan Jaksa Agung menjadi upaya memperkuat sinergitas antara Polri dan Kejaksaan Agung yang sudah terbangun sebelumnya.

"Jadi nanti ke depannya sinergitas ini akan kita mantapkan terus dan kita tumbuh kembangkan," kata Idham Azis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Septic Tank Meledak di Cakung, Satu Orang Tewas

Posted: 04 Nov 2019 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah septic tank di Kapling Blok O, RT 16 RW 03, Cakung, Jakarta Timur meledak, Senin 4 November 2019. Akibatnya, satu orang tewas.

Satu korban tersebut adalah S (44) yaitu sopir truk tinja yang saat itu sedang bekerja. Bersama timnya, S menyedot tinja di salah satu rumah sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat itu, S baru saja selesai melakukan penyedotan tinja. Lalu S membakar koran dan memasukkannya ke septic tank. Hal tersebut dilakukan agar pemilik rumah yakin kalau penyedotan telah selesai.

"Untuk meyakinkan yang mempunyai rumah, sopir truk tinja mengambil koran lalu membakar koran tersebut lalu dimasukkan dalam septic tank telah padam," kata Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Sang pemilik rumah kemudian memberikan uang pada S sebagai upah penyedotan septic tank. Setelah S berpamitan, septic tank meledak.

Murni Kecelakaan Kerja

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Ledakan tersebut cukup kuat sehingga S terperosok ke dalam septic tank tersebut. Akibatnya, S meninggal dunia dengan sejumlah luka.

"Tiba-tiba septic tank tersebut meledak dengan mengelurkan suara yang cukup besar dan sopir tersebut terjatuh ke septic tank dan meninggal dunia," sambungnya.

Kemudian polisi mendatangi lokasi untuk menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP). Tom menyebut, insiden itu murni kecelakaan kerja.

"Kecelakaan kerja," imbuh Tom.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tumpukan Sampah di Kolong Tol Wiyoto Wiyono yang Sempat Viral

Posted: 04 Nov 2019 09:47 PM PST

Petugas PPSU menggunakan kendaraan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Jalan sungai Bambu Raya, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Tumpukan sampah hingga menutupi badan jalan di Sungai Bambu Raya sempat viral di media sosial. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU menggunakan kendaraan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Jalan sungai Bambu Raya, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Tumpukan sampah hingga menutupi badan jalan di Sungai Bambu Raya sempat viral di media sosial. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU menggunakan kendaraan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Dalam sehari, petugas mengangkut sampah hingga 10 truk dengan berat total sekitar 100 ton ke TPA Bantar Gebang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU menggunakan kendaraan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Dalam sehari, petugas mengangkut sampah hingga 10 truk dengan berat total sekitar 100 ton ke TPA Bantar Gebang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemulung memilah sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Jalan sungai Bambu Raya, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Tumpukan sampah hingga menutupi badan jalan di Sungai Bambu Raya sempat viral di media sosial. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemulung memilah sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Jalan sungai Bambu Raya, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Tumpukan sampah hingga menutupi badan jalan di Sungai Bambu Raya sempat viral di media sosial. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU menggunakan kendaraan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Dalam sehari, petugas mengangkut sampah hingga 10 truk dengan berat total sekitar 100 ton ke TPA Bantar Gebang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU menggunakan kendaraan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Dalam sehari, petugas mengangkut sampah hingga 10 truk dengan berat total sekitar 100 ton ke TPA Bantar Gebang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara motor membuang sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Sampah yang menumpuk  berasal dari sampah rumah tangga warga sekitar yang tidak memiliki tempat pembuangan sampah sementara.  (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara motor membuang sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Sampah yang menumpuk berasal dari sampah rumah tangga warga sekitar yang tidak memiliki tempat pembuangan sampah sementara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU menggunakan kendaraan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Kolong Tol Tol Wiyoto-Wiyono berubah menjadi tempat penampungan sampah rumah tangga dari tiga kelurahan di kawasan itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU menggunakan kendaraan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Kolong Tol Tol Wiyoto-Wiyono berubah menjadi tempat penampungan sampah rumah tangga dari tiga kelurahan di kawasan itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemulung memilah sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Jalan sungai Bambu Raya, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Tumpukan sampah hingga menutupi badan jalan di Sungai Bambu Raya sempat viral di media sosial. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemulung memilah sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Jalan sungai Bambu Raya, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Tumpukan sampah hingga menutupi badan jalan di Sungai Bambu Raya sempat viral di media sosial. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Ingin RUU KUHP Dibahas Ulang Agar Tak Digugat di MK

Posted: 04 Nov 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III Fraksi PKS Nasir Djamil membuka peluang RUU KUHP dibahas kembali. Namun, Nasir ingin hanya pasal-pasal yang dianggap kontroversial untuk dibahas ulang.

"Kami pikir, itu memang harus diulang kembali hal-hal yang menimbulkan kontroversi. Bisa jadi pesan yang sesungguhnya memang tidak sampai ke yang kontra tadi," ujar Nasir kepada wartawan, Selasa (5/11/2019).

Nasir berpendapat, karena RUU KUHP dianggap kontroversial oleh beberapa pihak, sedianya para pemangku kepentingan dan pemerhati RUU KUHP ini mencurahkan pemikirannya.

Sehingga, saat RUU KUHP disahkan menjadi undang-undang tidak lagi menuai kontra dan digugat ke Mahkamah Konstitusi. "Kita ingin agar proses ini berlaku dengan damai sejak awal," ucap Nasir.

Namun, Ia belum tahu kapan kira-kira RUU KUHP bakal dibahas kembali. Nasir menyarankan, harus ada simulasi pasal-pasal yang dianggap kontroversial.

"Makanya ke depan, saya usulkan harus ada simulasi dan setiap norma itu harus ada simulasi, jadi norma ini seharusnya ada simulasinya," kata Nasir.

 

Tak Ada Pembahasan Ulang

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery (kiri) salam komando dengan Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis saat berkunjung ke kediamannya di Jakarta, Rabu (30/10/2019). Kunjungan tersebut bagian dari fit and proper test terhadap Idham sebagai calon Kapolri. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan, komisinya bukan membahas total melainkan mensosialisasikannya.

Sosialisasi ini akan menyasar berbagai kelompok masyarakat, terutama para mahasiswa yang sempat berdemo dan memprotes.

"Disosialisasikan ke semua kelompok masyarakat," ujar Herman saat dikonfirmasi, Selasa (5/11/2019).

Anggota Komisi III Arsul Sani menyatakan, tidak akan ada pembahasan ulang atau pembahasan pasal-pasal tertentu di RUU KUHP, termasuk pasal yang diprotes seperti zina dan penghinaan presiden.

Komisi III akan mengubah redaksi untuk memperjelas agar tidak lagi menjadi salah tafsir.

"Gak ada yang dihapus, paling redaksi atau formulasi dan penjelasannya saja yqng disempurnakan," ucapnya.

Pembahasan RUU KUHP untuk sosialisasi dan penyempurnaan RUU KUHP itu, kata Arsul, akan dilakukan usai masuk dalam Prolegnas.

"Ya akan dibahas begitu Prolegnas Lima Tahunan dan Prolegnas Prioritas ditetapkan," tandasnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Pesiar Sepanjang 300 Meter Sudah Bisa Bersandar di Pelabuhan Gili Mas

Posted: 04 Nov 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Dermaga di Pelabuhan Gili Mas sepanjang 440 meter telah rampung dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III dan siap untuk disandari kapal pesiar Sun Princess dengan Length Overall (LOA) 261 meter, lebar 32 meter, bobot mati 77,441 GT. 

Kapal tersebut membawa 1.988 penumpang dan 862 crew dimana sebelumnya kapal pesiar tidak bisa sandar ke pelabuhan Lembar saat mengunjungi Pulau Lombok.

Direktur Operasi dan komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto, mengatakan bahwa mulai Selasa ini, kapal pesiar dengan panjang lebih dari 300 meter bisa langsung bersandar di dermaga.

Dengan begitu, wisatawan tidak perlu lagi menggunakan sekoci untuk mencapai daratan seperti yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Lembar, sehingga dari keamanan dan kenyamanan penumpang lebih terjamin.

Kapal pesiar berbendera Bermuda tersebut berlayar dari Fremantle, Australia dan merupakan kapal perdana yang sandar di dermaga Gili Mas, setelah itu menuju Port Kelang, Malaysia.

"Kunjungan kapal pesiar direct call dari luar negeri langsung ke Pulau Lombok ini sangat bagus, menunjukkan antusiasme operator kapal pesiar dan penumpangnya ingin berwisata di Pulau Lombok," ujar Putut, Senin (5/11/2019).

Di Lombok, para wisatawan akan mengunjungi beberapa objek wisata diantaranya ke Taman Narmada, pusat kerajinan Cukli Sayang- Sayang, Lingsar, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Museum, Desa pengrajin tenun Sukarara, Desa Sade, kerajinangerabah Banyumulek, dan Mandalika.

"Pelindo III mendukung pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Gili Mas sudah siap mengambil peran sebagai pintu gerbang wisatawan melalui laut," tambahnya.

 

Fasilitas Pelabuhan

Dermaga di Pelabuhan Gili Mas sepanjang 440 meter telah rampung dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dan siap untuk disandari kapal pesiar Sun Princess.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung saat dihubungi terpisah mengatakan, serangkaian peningkatan fasilitas pelabuhan khususnya terkait dengan kapal pesiar adalah upaya Pelindo III dalam mendukung program pemerintah yang berencana untuk mengembangkan 10 destinasi wisata baru.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian BUMN membentuk tim sinergi BUMN Pariwisata dimana Pelindo III menjadi salah satu anggotanya.

Sementara itu, setiap tahun jumlah kunjungan kapal pesiar terus meningkat, tahun 2017 terealisasi 131 unit dengan 89,224 wisatawan dan di tahun 2018 sebanyak 139 unit dengan membawa 126,119 wisatawan. Hingga akhir Oktober 2019 tercatat 119 unit dan 81,869 wisatawan.

Progress pembangunan terminal penumpang Gili Mas per 2 November 2019 mencapai 58 persen, ditargetkan akan selesai pada bulan Februari 2020, sehingga dengan selesainya terminal penumpang, semua pelayanan untuk penumpang kapal pesiar bisa lebih lengkap terlayani. Setelah itu akan dilanjutkan dengan pengembangan terninal peti kemas.

 

Dukungan Semua Pihak

Peran serta dan kesadaran masyarakat di 10 Bali Baru juga menjadi faktor penting keberhasilan menciptakan 10 bali baru, dibutuhkan kesiapan masyarakat menyambut wisatawan termasuk kesadaran diri masyarakat untuk mejaga budaya yang jadi aset dan memiliki daya tarik pariwisata.

Dukungan pemerintah daerah juga diperlukan untuk membangun infrastruktur dan akses dari dan ke pelabuhan agar mudah dicapai serta tak kalah penting komunitas dan masyarakat lokal pun juga perlu dilibatkan sebagai mitra untuk menyambut wisatawan.

Sinergi stakeholder pariwisata juga harus tercipta agar dapat bersama-sama menumbuhkan pariwisata yang kreatif demi kemajuan bersama.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga hari ini Gili Mas dapat mulai menerima kunjungan kapal pesiar terutama kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lembar yang telah memberikan dukungan dalam penyandaran kapal perdana di Pelabuhan Gili Mas," tutup Putut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Sertijab NOC Indonesia, Menpora Minta Cabor Jangan Berpolemik

Posted: 04 Nov 2019 09:45 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Menpora Zainudin Amali kembali menegaskan di dunia olahraga harus sering-sering duduk bersama untuk bermusyawarah, saling mengingatkan jangan berpolemik karena polemik tidak akan menyelesaikan masalah. Hal ini dikatakan Menpora usai menghadiri Sertijab NOC Indonesia periode 2019-2023 di FX Tower Pintu Satu, Senayan, Jakarta.

"Kami mendorong semua cabang olahraga menyelesaikan masalahnya sendiri-sendiri untuk mencari jalan keluar terbaik jika mau duduk bersama dengan kepala dingin pasti akan ketemu penyelesaiannya, jika terpaksa tidak bisa, datang ke KONI datang ke NOC Indonesia hingga terakhir ke pemerintah," tegas Menpora Senin (4/11) malam.

Menurutnya pemerintah tidak akan memberikan toleransi untuk menyelesaikan masalah internal cabang olahraga sebelum berdiskusi terlebih dahulu dengan KONI dan NOC Indonesia. "

Pemerintah tidak mau sedikit-sedikit dibawa masuk ke dalam urusan internal cabang olahraga, pemerintah akan memsupervisi dan memonitor apa yang sedang terjadi itu, jika langsung datang ke pemerintah kami tidak akan terima, kami memberikan kepercayaan cabor untuk menyelesaikan masalahnya untuk itu cabor juga harus menjaga kepercayaan dari pemerintah ini," katanya.

Sikap pemerintah ini bukan tanpa alasan, Menpora ingin dalam mengurus olahraga tercipta suasana yang sportif dan kekeluargaan.

"Dengan mengurus rumah tangganya sendiri maka cabor akan tertib dan mandiri sekaligus akan membuat suasana olahraga yang penuh sportifitas dan kekeluargaan jangan ngurus olahraga seperti ngurus ormas dan parpol," tuturnya

"Saya sudah sampaikan jika yang sudah berlaku di NOC sebelumnya menjadi jalan terbaik kita ikut, misalnya seperti masalah di PSSI, jika FIFA oke pemerintah juga oke sederhana saja jangan dibikin ruwet. Untuk itu yang harus dikedepankan adalah niat kita dulu untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia jika sudah begitu pasti konflik itu akan mereda dengan sendirinya," lanjutnya.

Terkait adanya beberapa cabor yang mengalami dualisme kepengurusan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari memiliki pengalaman serupa saat menjadi ketua PB ISSI.

"Saya memiliki pengalaman waktu itu PB ISSI terpecah menjadi empat malahan bukan dualisme lagi dan dalam waktu enam sampai sembilan bulan terjadi rekonsiliasi dan konsolidasi hingga terjadi persatuan dan hari ini PB ISSI cukup bisa membanggakan prestasinya," jelasnya.

"Saya dengan Menpora dan KONI sudah duduk bersama dan sepakat bahwa kami akan kompak menghadapi situasi apapun, KONI dan NOC Indonesia sepakat membagi ruang kerja supaya setiap permasalahan duduk bersama-sama karena kita ada wadahnya di KONI ada BAORI di NOC Indonesia ada BAKI dan ini wadah resmi untuk menyelesaikan semua permasalahan, yang terpenting adalah niatnya dulu untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia," jelasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru David Yost, Pemeran Power Rangers Biru yang Awet Muda

Posted: 04 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal serial televisi Power Rangers? Power Rangers menjadi film superhero yang begitu diminati oleh anak-anak pada era 90-an. Serial televisi Power Ranger ini berawal dari serial aksi Jepang.

Power Rangers ditayangkan oleh Fox Kids pada 1993 sampai 2002. Lalu ditayangkan oleh Nickelodeon pada 2011. Power Rangers merah, biru, hijau, hitam, merah muda dan kuning adalah sosok-sosok pemeran utama dalam serial televisi yang banyak digemari anak-anak.

Salah satu pemeran Power Rangers ada David Yost. Aktor kelahiran 7 Januari 1969 ini merupakan sosok karakter Power Rangers biru sejak 1993. Karakter Power Rangers biru seolah telah melekat dalam diri David meski ia kini juga seorang produser film.

Ia berperan sebagai Billy Cranston dalam serial televisi Mighty Morphin Power Rangers, Mighty Morphin Power Rangers: The Movie dan Power Rangers Zeo. Jadi sosok Power Rangers sejak 1993, berikut ini 6 potret terbaru David Yost, si Power Rangers biru yang dirangkum dari Instagram miliknya oleh Liputan6.com, Selasa (5/11/2019).

1. Bagi generasi 90-an, sosok David Yost dikenal sebagai Billy, si Power Ranger biru.

Potret David Yost pemeran Power Ranger biru yang awet muda. (Sumber: Instagram@officialdavidyost)

2. Kini David sudah berusia 50 tahun dan masih tetap memesona.

Potret David Yost pemeran Power Ranger biru yang awet muda. (Sumber: Instagram@officialdavidyost)

3. Sosok Billy si Power Ranger biru juga tetap melekat pada image-nya hingga kini.

Potret David Yost pemeran Power Ranger biru yang awet muda. (Sumber: Instagram@officialdavidyost)

3. Selain dikenal sebagai aktor, David Yost juga telah menggarap beberapa film sebagai produser.

Potret David Yost pemeran Power Ranger biru yang awet muda. (Sumber: Instagram@officialdavidyost)

4. Lewat laman Instagramnya, hingga kini David Yost masih sering mengunggah hal tentang Power Ranger.

Potret David Yost pemeran Power Ranger biru yang awet muda. (Sumber: Instagram@officialdavidyost)

5. Ia juga sempat mempromosikan komik terbaru Power Ranger yang dirilis oleh BOOM Studios beberapa waktu lalu.

Potret David Yost pemeran Power Ranger biru yang awet muda. (Sumber: Instagram@officialdavidyost)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri: Jika Terbukti, Hukuman Oknum Polisi Penculik WNA Dua Kali Lipat

Posted: 04 Nov 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menegaskan, empat oknum polisi yang terlibat kasus penculikan dan pemerasan terhadap WNA Inggris atas nama Matthew Simon akan ditindak tegas.

"Prinsip kalau terbukti, kalau dia malah mencederai profesinya, malah jadi pelanggar hukum, pelaku tindak pidana, atau membantu terjadinya suatu tindak pidana harus dihukum keras, dua kali lipat," tutur Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono sebelumnya mengatakan, kasus ini bermula saat korban Matthew melakukan perjalanan untuk bertemu pelaku atas nama Giovani terkait urusan bisnis pada 29 Oktober 2019. Hanya saja, saat kembali pada 30 Oktober 2019 pukul 02.00 WIB dini hari, dia dicegat sejumlah orang.

"Ternyata, Giovani selaku rekan kerja korban meminta pacarnya yaitu Nola Aprilia untuk merencanakan tindakan tersebut (penculikan)," tutur Argo saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu 3 November 2019.

Argo menyebut, Nola selaku pacar Giovani merencanakan penculikan itu dengan meminta bantuan saudaranya yakni Bripda Julia Bita Bangapadang yang bertugas di Siber Bareskrim Polri.

Julia bertugas menyiapkan mobil minibus dan melakukan pengecekan lokasi keberadaan korban untuk dibuntuti di kawasan Petogogan Parc 19, Kemang, Jakarta Selatan.

"Serta meminta bantuan pacarnya atas nama Bripda Nugroho Putro Utomo, anggota Satresnarkoba Polrestro Jaktim," kata Argo.

Menurut dia, para pelaku kemudian mencegat korban di Tol Lingkar Luar Barat Tangerang. Mereka dibantu rekan lainnya yakni Briptu Herodotus dan Bripda Sandika Bayu Segara yang merupakan anggota Satresnarkoba Polrestro Jaktim.

"Para pelaku membawa korban ke Polda Metro Jaya, seolah-olah akan dilakukan pemeriksaan sebuah perkara namun tidak jadi dilakukan pemeriksaan. Kemudian meminta bantuan petugas Provos yang saat itu berjaga di area parkir Ditreskrimsus untuk memasukkan kembali korban ke dalam mobil," beber Argo.

Ditangkap di Masjid

Mereka pun berangkat ke sebuah hotel dan meminta korban menelepon atasannya agar menyiapkan uang tebusan. Setelahnya, pelaku kemudian menukarkan uang yang didapat dalam bentuk dolar Amerika itu ke nilai rupiah di sebuah tempat penukaran uang kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Sekitar pukul 13.00 WIB di Masjid Akbar Kemayoran Jakarta Pusat, para pelaku berhasil ditangkap," Argo menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wali Kota Bekasi Bantah Tunduk kepada Premanisme

Posted: 04 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Viralnya video sekelompok ormas di Kota Bekasi yang meminta jatah pengelolaan parkir di mini market mengusik Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Rahmat membantah jika Instansinya tunduk kepada Ormas ataupun Premanisme.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Single Parent, Ini 7 Momen Sule Asuh 4 Anaknya

Posted: 04 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini terdengar kabar bahwa mantan istri Sule, Lina sudah menikah lagi dan tengah hamil. Hal ini diungkap Sule lewat tayangan di channel YouTube pada 2 November 2019, seperti Liputan6.com kutip dari Kapanlagi.com. Komedian kondang tersebut menjelaskan bahwa Lina telah menikah lagi pada Januari 2019 lalu dan saat ini sedang hamil.

Sule mengungkapkan, Lina menikah lagi tanpa memberikan kabar kepada dirinya maupun keempat anaknya. Komedian asal Cimahi ini juga menanggapi dengan santai dan turut mendoakan untuk kebahagiaan sang mantan istri. Kini ia mengaku untuk fokus pada karier dan kebahagian keempat anak-anaknya.

Empat anak tersebut, yaitu Rizky Febian, Putri Delina, Rizwan Adriansyach dan Ferdinan Ardiansyach yang selalu menjadi pelengkap kebahagian Sule. Meski menjadi single parent dan memiliki jadwal yang padat, nyatanya tak membuat Sule kehilangan waktu bersama anak.

Walaupun sibuk, ia tetap meluangkan waktu untuk quality time dengan keempat anaknya. Mulai dari liburan hingga tampil di berbagai acara bersama. Berikut 6 momen Sule asuh keempat anaknya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/11/2019).

1. Pria 42 tahun ini disebut-sebut sebagai sosok ayah yang penyayang. Hal ini dibuktikan dari unggahannya saat bersama anak di media sosial.

Momen Sule Asuh 4 Anaknya (sumber: instagram/ferdinan_sule)

2. Walaupun disibukkan dengan berbagai pekerjaan, Sule tak pernah kurang memberikan kasih sayang kepada 4 buah hatinya.

Momen Sule Asuh 4 Anaknya (sumber: instagram/ferdinan_sule)

3. Pemain film 'Sule Detektif Tokek' ini juga selalu meluangkan waktunya untuk liburan bersama Rizky Febian, Putri Delina, Rizwan Adriansyach dan Ferdinan Ardiansyach.

Momen Sule Asuh 4 Anaknya (sumber: instagram/ferdinan_sule)

4. Begini keseruan, liburan keluarga Sule yang kompak abis.

Momen Sule Asuh 4 Anaknya (sumber: instagram/ferdinan_sule)

5. Menjadi single parent, nyatanya pria kelahiran 15 November 1976 dapat membesarkan anak-anaknya dengan baik.

Momen Sule Asuh 4 Anaknya (sumber: instagram/ferdinan_sule)

6. Bagaimana Kekompakan ayah dan anak ini?

Momen Sule Asuh 4 Anaknya (sumber: instagram/ferdinan_sule)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Xi Jinping Puji Carrie Lam Atas Kepemimpinannya Hadapi Demo Hong Kong

Posted: 04 Nov 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong - Dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Shanghai pada Senin, 4 November 2019, Presiden Xi Jinping memberi pujian kepada pemimpin eksekutif Hong Kong, Carrie Lam atas kepemimpinannya terhadap Hong Kong yang kian terus alami kekacauan.

Menurut sebuah portal berita setempat, Xinhua, Xi Jinping juga meminta dengan tegas untuk segera mengakhiri aksi unjuk rasa yang berlangsung di Hong Kong yang semakin memberi dampak luas kepada dunia. Ia juga meminta para penindak hukum memberi hukuman yang setimpal bagi mereka yang telah merusak keamanan dan stabilitas kota Hong Kong.

Dilansir dari CNN, Selasa (5/11/2019), Hong Kong kini sudah memasuki bulan kelima sejak demonstrasi pertama kali berlangsung di bulan Juni yang awalnya menuntut undang-undang ekstradisi. 

Rangkaian peristiwa yang terus terjadi setelah itu, membuat Hong Kong harus mengalami resesi sekaligus dampak negatif di dalam industri pariwisata.

Bulan lalu, pemerintah China menolak laporan yang berisikan rencana pemindahan Carrie Lam dari posisinya pada awal tahun 2020 terkait kekecewaan masyarakat terhadapnya.

 

Pertemuan Mendadak

Dalam lawatannya ke Indonesia pada 2-3 Oktober 2013, Presiden Xi Jinping mengusulkan konsep Jalur Sutra Maritim Abad ke-21 atau 21st Century Maritime Silk Road

Dalam sebuah konferensi pers usai pertemuan akbar pemerintah pada akhir Oktober lalu, seorang pejabat senior China, Shen Chunyao mengatakan Beijing memiliki rencana untuk meningkatkan sistem dengan cara pemimpin Hong Kong akan dipindahkan atau diturunkan.

Namun, pemerintah China menolak untuk menggantikan Lam dari posisinya dan berulang kali mempertahankannya.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Senin (4/11), Xi Jinping mengatakan bahwa kepala eksekutif Hong Kong telah memimpin pemerintahannya "dengan sepenuhnya melaksanakan tugasnya, berusaha untuk menstabilkan situasi dan meningkatkan suasana sosial, dan telah melakukan banyak kerja keras," menurut Xinhua.

"Xi menyuarakan tingkat kepercayaan pemerintah pusat yang tinggi pada Lam dan pengakuan penuh atas pekerjaannya dan tim pemerintahannya," tulis media Xinhua.

Di atas tindakan kekerasan yang terus terjadi, Xi Jinping juga menyerukan upaya yang lebih efektif untuk mengadakan "dialog dengan semua sektor masyarakat dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

Xi Jinoing dan Carrie Lam berada di Shanghai untuk China International Import Expo 2019, di mana Xi diharapkan berpidato pada hari Selasa.

Sebelumnya, tidak ada pemimpin yang mengumumkan pertemuan antara keduanya sampai akhirnya terjadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Yuni Shara Terbang ke Hanoi untuk Beri Kejutan Anaknya

Posted: 04 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, seorang ibu pasti akan memperhatikan anaknya di setiap kesibukannya. Baik kesehariannya apakah sudah makan atau hal-hal kecil kebutuhan dan kesukaannya. Selain itu, ulang tahun anak pun terkadang menjadi momen penting yang dirayakan untuk mengungkapkan kasih sayang orang tua kepada anaknya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Yuni Shara. Penyanyi kelahiran Batu dan sekaligus kakak kandung dari Krisdayanti ini juga begitu perhatian kepada anaknya yang bernama Cello Obient Siahaan. Memperingati kelahirannya yang ke-15 Cello, Yuni Shara pun harus terbang menuju Hanoi, Vietnam.

Keberadaan Cello di Hanoi karena sedang mengikuti turnamen bola voli antarsekolah se-Asean. Memang tak mudah bagi Yuni Shara untuk datang ke Hanoi sendirian. Apalagi saat sampai disana ia pun mengalami beberapa kendala.

Baik kendala dalam berkomunikasi dan transportasi yang ia gunakan dalam perjalanannya menuju hotel yang ia tuju sempat mengalami kendala. Momen ini pun ia abadikan dalam InstaStorynya di akun pribadinya @yunishara36.

Berikut 7 momen Yuni Shara beri kejutan anaknya yang Liputan6.com kutip dari Instagram @yunishara36, Selasa (5/11/2019).

1. Tanggal 1 November pagi Yuni Shara terbang menuju Hanoi, Vietnam

Yuni Shara (Sumber: Instagram/yunishara36)

2. Sesampainya di sana, ia pun mengalami beberapa kendala yaitu komunikasi dengan penduduk lokal

Yuni Shara (Sumber: Instagram/yunishara36)

3. Saat berada di Hanoi, ia pun juga menyempatkan makan di sebuah restoran garden dengan hidangan unik

Yuni Shara (Sumber: Instagram/yunishara36)

4. Tak malu, ia pun naik ojek seperti yang ada di Indonesia

Yuni Shara (Sumber: Instagram/yunishara36)

5. Kue ulang tahun yang dipersiapkan Yuni Shara untuk anaknya

Yuni Shara (Sumber: Instagram/yunishara36)

6. Memberi kejutan kepada Cello sebelum bertanding voli

Yuni Shara (Sumber: Instagram/yunishara36)

7. Makan bersama dengan Cello dan teman-temannya di restoran

Yuni Shara (Sumber: Instagram/yunishara36)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibuka 11 November, Waspadai Penipuan Rekrutmen CPNS 2019

Posted: 04 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengingatkan agar para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mewaspadai penipuan yang kerap mengatasnamakan BKN.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, BKN tidak pernah menerbitkan surat keputusan CPNS kecuali untuk instansi BKN sendiri.

"BKN tidak pernah menerbitkan SK CPNS kecuali SK CPNS untuk BKN sendiri," kata Ridwan dikutip dari Antara, Selasa (5/11/2019).

Selain itu, kata dia, simulasi Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan BKN selalu gratis tanpa dipungut biaya apapun, dan tidak pernah bekerja sama dengan pihak lain.

"Untuk simulasi CAT BKN, kami tidak pernah bekerja sama dengan pihak lain dan selalu gratis," kata dia.

Pemerintah membuka sebanyak 152.250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, yang terbagi untuk 67 kementerian/lembaga dan 461 pemerintah daerah.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 152.250 formasi CPNS itu dibagi masing-masing 37.425 formasi untuk kementerian/lembaga, dan 114.861 formasi untuk pemerintah daerah.

Pendaftaran Dibuka 11 November

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Rencananya pendaftaran dimulai pada 11 November 2019 secara online melalui sscasn.bkn.go.id, dan ditutup 24 November 2019.

Berdasarkan ketentuan, peserta hanya bisa mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda.

Untuk tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) direncanakan pada awal Februari 2020, dan dilanjutkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di awal Maret 2020. Pengumuman kelulusan dilakukan pada April 2020.

Seperti tahun sebelumnya, SKD menggunakan Computer Assisted Test (CAT) untuk mencegah adanya kecurangan. Baca juga: BKD: Kuota tenaga pendidikan dominan dalam CPNS 2019

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilih Bos BUMN, Erick Thohir Libatkan Tim Penilai Akhir

Posted: 04 Nov 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki cara untuk memilih pemimpin-pemimpin di perusahaan milik negara. Berbeda dengan menteri sebelumnya, Rini Soemarno yang melakukan penunjukan langsung lalu disahkan melalui RUPS, pemilihan bos BUMN dilakukan melalui Tim Penilai Akhir (TPA).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pemilihan melalui TPA dilakukan agar lebih transparan sehingga menghasilkan pemimpin yang benar-benar mau bekerja dan mampu menjalankan tugas dengan baik. Selain itu, dia berharap pemimpin tidak hanya sekedar menjabat.

"Sebaiknya di TPA biar transparan pemelihannya dan pihak yang mendapat kesempatan memimpin dan menjalankan tugas dengan baik jangan hanya seperti saya bilang mau duduk di jabatan tapi tidak berkeringat bukan berarti politik tapi nggak mau kerja," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/11).

Menteri Erick Thohir melanjutkan, saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan langkah-langkah khusus untuk mendorong kerja BUMN yang lebih baik. Terobosan tersebut akan disampaikan secara langsung kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

"Hari ini juga banyak terobosan-terobosan yang kita sampaikan ke Pak Menko yang Insyallah jadi percepatan yang selama ini lambat," jelasnya.

Terkait direktur baru PT Inalum yang ditinggalkan oleh Budi Gunadi, Erick Thohir berharap memiliki latar belakang finansial yang kuat. Tidak hanya itu, pemimpin pucuk holding pertambangan tersebut diharapkan memiliki latar belakang pertambangan.

"Pasti kita mengharap dia punya black ground finansial yang kuat. Karena sebagi holding dia juga harus mengerti kondisi keuangan dari anak perusahaan yang kedua karena ini banyak dari industri pertambangan juga harus orang yang latar belakang di pertambangan."

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Erick Thohir Bagi Tugas 2 Wakil Menteri BUMN, Ini Rinciannya

Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 Erick Thohir melambaikan tangan saat tiba di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (21/10/2109). Kedatangan Erick Thohir berlangsung jelang pengumuman menteri Kabinet Kerja Jilid II oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir Erick Thohir telah menetapkan pembagian tugas Wakil Menteri dalam rangka meningkatkan efektivitas pelaksanaan.

Wakil Menteri (Wamen) BUMN I, yakni Budi Gunadi Sadikin membina BUMN sektor farmasi, jasa survei, energi, pertambangan, industri strategis, dan media.

Sedangkan Wamen BUMN II, yakni Kartika Wirjoatmodjo membina BUMN sektor industri agro, kawasan, logistik, pariwisata, jasa keuangan, konstruksi, jasa konsultan, sarana dan prasarana perhubungan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pembagian itu dalam rangka meningkatkan efektivitas pelaksanaan fungsi pengendalian dan pemantauan pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian BUMN, khususnya terkait pembinaan.

Ia mengemukakan pembagian sektor BUMN yang dibina oleh masing-masing Wamen ditetapkan melalui Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-263/MBU/10/2019 tentang Pembagian Badan Usaha Milik Negara yang Dikoordinasikan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

"Hal ini sudah disepakati bersama, sehingga masing-masing Wamen dapat bersinergi dengan baik dan mengakselerasi tugas-tugas yang sudah diberikan," kata Erick Thohir dikutip dari Antara, Senin (4/11/2019).

Ia menambahkan masing-masing Deputi Pembina BUMN juga sudah diminta untuk dapat melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan para Wamen sebagaimana pembagian yang ditetapkan.

Dijelaskan, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 25 Oktober 2019 saat pelantikan, masing-masing Wamen mendapatkan penugasan khusus dari Presiden untuk memperkuat kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju sehingga perubahan-perubahan nyata bisa segera dirasakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Minta PSSI Fokus Pada Roadmap Sepak Bola Indonesia dan Piala Dunia U-20

Posted: 04 Nov 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menpora Zainudin Amali menyampaikan apresiasi atas laporan resmi terlaksananya Kongres Luar Biasa PSSI yang berjalan dengan baik dan lancar serta terpilihnya Ketum, Waketum, dan Exco PSSI.

Zainudin Amali pun berharap seluruh jajaran kepengurusan untuk saling bahu-membahu bergerak cepat dalam penataan organisasi dan prioritas program kerja.

"Atas nama pemerintah saya sampaikan selamat kepada Ketum Pak Iwan beserta seluruh jajaran. Segera bergerak cepat dalam organisasi dan menentukan langkah-langkah kongkrit dalam prioritas program kerja," tegas Menpora dalam jumpa pers usai audiensi.

Selanjutnya ada beberapa pesan penting Menpora. Pertama, menyikapi Piala Dunia U-20 Tahun 2021 harus menjadi konsentrasi tersendiri. Dalam waktu dekat setelah disiapkan peran dan fungsi masing-masing antara Kemenpora dan PSSI akan menghadap Presiden guna melaporkan sekaligus mohon arahan.

"Kita sudah saling memahami mana wilayah tanggung jawab pemerintah dan mana yang menjadi tanggung jawab PSSI. Akan minta waktu Bapak Presiden untuk menghadap, melaporkan, dan mohon arahan tentang Piala Dunia U-20. Pemerintah akan mendukung penuh apa yang secara teknis akan disiapkan PSSI, selain sukses penyelenggaraan, sukses prestasi kita ingin raih," kata Menpora.

Pesan selanjutnya, ada amanah dari Inpres No 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional menyangkut roadmap sepak bola Indonesia harus segera dibuat demi prestasi yang diharapkan terus meningkat.

"Pak Iwan dan kawan-kawan saya ingatkan ada amanat Inpres yang harus segera dibuat yaitu roadmap sepak bola Indonesia, ini tugas yang harus segera dilakukan," pesan Menpora.

Terakhir menyangkut birokrasi, Menpora mengajak untuk tidak saling menunggu, lakukan komunikasi dengan intens, tidak harus jalur formal yang kaku.

"Sekarang komunikasi tidak ada yang sulit, tidak perlu saling menunggu, siapa yang sempat lakukan komunikasi dengan intens. Saya tegaskan mengurus olahraga tidak bisa sendirian, semua harus bersinergi," ucap Menpora.

Turut hadir dalam pertemuan ini antara lain Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti, Waketum PSSI Cucu Sumantri, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN Akan Bertemu Nasdem dan PDIP Jajaki Pemilu 2024

Posted: 04 Nov 2019 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan membenarkan rencana pertemuan dengan Partai Nasdem. PAN juga diagendakan bertemu dengan PDIP dan Golkar untuk menyongsong Pilkada 2020 dan Pilpres 2024.

"Kalau silaturahmi dengan partai itu kan pasti namanya parpol ya, sudah mulai lihat-lihat nanti bagaimana 2024 kan sebentar sampai tuh enggak kerasa," kata pria yang kerap disapa Zulhas di gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Meski Pilpres 2024 masih jauh, Zulhas mengatakan penjajakan kerja sama antara PAN dengan partai politik lain memang harus dilakukan sejak jauh hari. Hal itu menurutnya bukan hal yang aneh dalam politik.

"Ya parpol kan gitu. Yang repot kalau misal pertarungan pilpres kan biasa. Cuma dulu kan temen-teman media, rakyat belom move on. Capres Pak Prabowo jadi Menhan. Kan biasa saja gitu. Jadi kalau partai ketemu biasa saja," ujarnya.

Selain bicara soal politik dan koalisi ke depan, dia menyatakan rencana pertemuan dengan sejumlah parpol juga membahas isu strategis seperti UU kontroversial.

"Kan banyak UU dibahas nih. KUHP mau dibahas lagi. Kemudian pertanahan yang agraria yang pro kontra. Tentu kita musti menyamakan persepsi. Jadi perlu silaturahmi lah. Besok malam kan Golkar undang kita jadi biasa. Bagus kalu partai-partai jumpa," Ketum PAN ini menandaskan.

Bertemu Akhir November

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan melakukan pertemuan dengan petinggi Partai Amanat Nasional (PAN). Pertemuan itu rencananya akan dilakukan akhir November setelah Nasdem selesai menggelar kongres pada 8-11 November 2019.

"Dengan PAN kita akan ketemu akhir November. Saya sudah berkomunikasi dengan Mas Eddy Soeparno, ini kita lagi sibuk Nasdem akan menggelar hajatan mau kongres minggu depan," kata Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu 2 November 2019.

Dia mengatakan, pertemuan itu juga sudah dibicarakan dengan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno.

"Tapi dengan PAN kita sudah berkomunikasi. Waktunya sudah ada ya, tinggal kapan di day-nya yang belum," ungkapnya.

Lanjutnya, Nasdem juga berencana bertemu dengan Demokrat. Namun Willy belum bisa memastikan kapan pertemuan itu terlaksana.

"Sejauh ini masih agenda. Makanya tadi saya bilang masih tentatif," ucapnya

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS Sebut Konsumsi Rumah Tangga Kuartal III 2019 Menurun

Posted: 04 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal III 2019 sebesar 5,02 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2019 yang sebesar 5,05 persen yoy.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal III 2019 dipengaruhi beberapa hal. Dari sisi pengeluaran jumlah konsumsi rumah tangga masih tumbuh positif sebesar 5,01 persen.

Posisi pertumbuhan konsumsi rumah tangga Kuartal III 2019 tersebut naik tipis dibading periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 5,01 persen. Namun jika dibandingkan Kuartal II 2019 posisi konsusmsi rumah tangga mencapai 5,17 persen atau menurun jika dibanding posisi sekarang.

"Konsumsi rumah tangga masih cukup bagus 5,01 persen. Ada beberapa yang tumbuh tinggi dan beberapa tertahan," ujarnya di Kantornya, Jakarta, Selasa (5/11).

Kepala BPS menyebutkan, salah satu pertumbuhan terhadap konsumsi rumah tangga bisa dilihat dari komponen makanan dan minuman, selain restoran yang tumbuh sebesar tumbuh 5,18 persen. Kemudian diikuti dengan komponen kesehatan dan pendidikan sebesar persen. Sementara sisanya mengalami perlambatan.

"Komponen kesehatan dan pendidikan di mana pada kuartal III 2019 mencapai 7,4 persen jauh lebih kuat dibanding periode sebelumnya. Karena di pendidikan ada tahun ajaran baru pada Juli," kata dia.

 

Kelompok Pengeluaran PMTB

Ilustrasi belanja | Via: 10best.com

Di samping itu, sumbangsih kelompok pengeluaran Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri tumbuh melambat sebesar 4,21 persen.

Hampir seluruh komponen ini mengalami kontraksi kecuali pada (cultivated biological resources/CBR) yang tumbuh sebesar 3 persen.

"Berdasarkan sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III-2019 (y-on-y), sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari Komponen PK-RT sebesar 2,69 persen, diikuti Komponen PMTB sebesar 1,38 persen. Sementara sumber pertumbuhan ekonomi dari Komponen lainnya sebesar 0,95 persen," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

BPS Catat Inflasi Oktober Capai 0,02 Persen

Pedagang merapikan barang dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat selama Oktober 2019 terjadi inflasisebesar 0,02 persen. Sementara inflasi tahun kalender dari Januari-Oktober 2019 sebesar 2,22 persen, sementara inflasi tahun ke tahun sebesar 3,13 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto, mengatakan berbagai komoditas secara umum menunjukkan kenaikan tipis sepanjang Oktober 2019. Sebagian besar komoditas yang menunjukkan kenaikan yakni di antaranya cabai rawit.

"Perkembangan harga berbagai komoditas pada Oktober 2019 mengalami kenaikan tipis sekali. Hasil pemantauan BPS di 82 kota inflasi di Oktober 2019 inflasi sebesar 0,02 persen," ujar Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Jumat (1/11).

Dari 82 kota di Indonesia, 43 kota mengalami inflasi sementara 39 kota mengalami deflasi. Adapun inflasi tertinggi terjadi di Manado sebesar 1,22 persen, sementara inflasi terendah terjadi di 3 wilayah yakni Pematangsiantar, Tual, dan Ternate 0,01 persen.

"Ada dua komoditas di Manado salah satunya cabe rawit. Dua komoditas pada bulan ini inflasi tertinggi ada di Manado," imbuhnya.

Sementara itu deflasi tertinggi terjadi di Balikpapan sebesar -0,69 persen, sedangkan deflasi terendah terjadi di Palopo sebesar -0,01 persen.

Adapun capaian inflasi pada September masih berada di bawah target yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 3,5 persen. BPS berharap kondisi yang sama akan terjadi hingga akhir tahun.

"Deflasi tersebut masih berada di bawah target pemerintah. Dengan angka ini infasi terkendali tinggal 2 bulan lagi target inflasi tercapai," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri Khusus Lidah Buaya, Kandungan, dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted: 04 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ciri khusus lidah buaya tentunya sudah bisa kamu lihat dari bentuk fisiknya. Hal inilah yang membuat tanaman lidah buaya begitu unik. Apalagi, tanaman satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, sehingga banyak digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit hingga rambut.

Lidah buaya atau aloe vera ini dikenal khasiatnya karena pada pelepahnya terdapat berbagai macam kandungan nutrisi. Bahkan lidah buaya sudah digunakan sebagai obat-obatan alami dan bahan kosmetik sejak zaman dahulu.

Ciri khusus lidah buaya bisa dilihat dari bentuk fisik maupun fungsinya. Saat ini lidah buaya sudah banyak dibudidayakan. Hal ini karena banyaknya khasiat yang dapat diberikannya, dan merawatnya pun tidak begitu sulit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/11/2019) beberapa ciri khusus lidah buaya.

Batang Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya (iStockphoto)

Ciri khusus lidah buaya pertama bisa dilihat dari batangnya. Lidah buaya memiliki batang yang pendek dan kecil yang dikelilingi oleh pelepah daun. Batangnya hampir tidak terlihat karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah.

Batang lidah buaya ini juga berserat. Melalui batang inilah natinya muncul tunas-tunas yang selanjutnya menjadi anakan. Lidah buaya yang memiliki tangkai panjang juga muncul dari batang melalui celah-celah atau ketiak daun. Lidah buaya tidak memiliki cabang. Batang lidah buaya bisa disetek untuk perbanyakan tanaman.

Daun Lidah Buaya

Daun Lidah Buaya (sumber: istockphoto)

Selanjutnya, ciri khusus ldiah buaya juga bisa dilihat dari daunnya. Mungkin dari daunnya inilah kamu bisa dengan jelas memperhatikan ciri khusus lidah buaya. Daun lidah buaya memiliki daging yang tebal, tidak bertulang, bersifat mengandung banyak air dan banyak mengandung getah atau lendir (gel) yang biasanya digunakan sebagai bahan baku obat.

Daun lidah buaya berbentuk pita dengan helaian yang memanjang menyerupai tombak dengan ujung meruncing, permukaan daun dilapisi lilin, dengan duri lemas dipinggirnya. Daun lidah buaya saling berhadap-hadapan membentuk struktur khas yang disebut roset.

Panjang daun lidah buaya dapat mencapai 50-75 cm, dengan berat 0,5 kg 1 kg, daun melingkar rapat di sekeliling batang. Pada tepi daun terdapat duri yang tidak terlalu keras, warna daunnya berwarna hijau, dan pada daun yang masih muda terdapat bercak-bercak putih.

Akar Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya (iStockphoto)

Ciri khusus lidah buaya selanjutnya adalah memiliki akar serabut. Lidah buaya memiliki perakaran yang dangkal, serabut, tumbuh ke bawah dan menyebar yang mengakibatkan tanaman ini mudah roboh. Lidah buaya memiliki panjang akar mencapai 30-40 cm.

Bunga Lidah Buaya

Ilustrasi Foto Lidah Buaya (iStockphoto)

Selain itu, ciri khusus lidah buaya selanjutnya adalah memiliki bunga berwarna kuning atau kemerahan berupa pipa mengumpul yang keluar dari ketiak daunnya.

Ukuran bunga lidah buaya kecil, tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan, dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Bunga tersebut biasanya muncul jika lidah buaya ditanam di pegunungan.

Mampu Bertahan di Berbagai Iklim

Lidah Buaya | via: brightside.me

Ciri khusus lidah buaya selanjutnya adalah mampu bertahan di berbagai kondisi iklim. Lidah buaya memiliki ketahanan yang baik terhadap segala unsur iklim, yaitu suhu, curah hujan, dan sinar matahari.

Tanaman ini bahkan bisa bertahan dalam kekeringan, bisa menyimpan air pada daunnya yang tebal, mulut daunnya tertutup rapat sehingga mampu mengurangi penguapan pada musim kering. Suhu optimum untuk pertumbuhan lidah buaya antara 28 C-32 C.

Lidah buaya termasuk tanaman yang efektif dalam penggunaan air, sehingga bisa tumbuh di daerah basah maupun kering. Walaupun begitu, lidah buaya yang tumbuh di daerah basah justru rentan terserang cendawan atau jamur.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui ciri khusus lidah buaya melalui bau getahnya. Bau getah atau lendirnya ini memang kurang sedap.

Lidah buaya bisa tumbuh dengan baik pada daerah dataran tinggi sampai dengan ketinggian 1.500 m di atas permukaan laut. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya lidah buaya dibudidayakan pada daerah dengan ketinggian kurang dari 1.000 m dpl.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

Setelah mengetahui ciri khusus lidah buaya, kamu juga perlu mengenal kandungan nutrisi pada lidah buaya. Berikut berbagai macam kandungan nutrisi dalam pelepah lidah buaya dilansir dari Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan kota Pontianak:

- Kandungan Vitamin

Lidah buaya memiliki banyak kandungan vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol, hingga Folic Acid.

- Kandungan Mineral

Selain itu, kandungan mineral dalam lidah buaya juga tak kalah banyak, contohnya saja Calcium, Magnesium, Potasium, Sodium, Iron, Seng, Chromium.

- Kandungan Enzim

Lidah buaya juga mengandung enzim seperti,  Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypepilase, Carboxyhelulose, Bradykinase.

- Asam Amino

Ada pula kandungan asam amino seperti Arginin, Aspargin, Aspartat Acid, Analine, Serine, Glutamat, Threonine, Glycine, Phenil alanine, Histidine, Isoliucine

Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan

Ilustrasi lidah buaya/copyright shutterstock

Dilansir dari Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan kota Pontianak, lidah buaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan manusia, seperti berikut:

- Sebagai pelindung tubuh karena memiliki kandungan antibiotik

- Sebagai bahan yang memperlambat penuaan dini

- Sebagai bahan anti luka bakar

- Sebagai anti mikroba melawan bakteri pathogen

- Sebagai pembersih tubuh

- Membuat kadar kolesterol darah menjadi stabil

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zul Zivilia Jadi Lebih Rajin Beribadah di Penjara

Posted: 04 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hingga kini, Zul Zivilia masih meringkuk dalam jeruji besi karena kasus narkoba yang menjeratnya, sejak awal tahun 2019. Menjalani masa-masa hukuman membuat sang biduan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan.

Zul Zivilia akui rajin menjalani salat dan ibadah lainnya di penjara. Menurutnya, hanya itu kegiatan positif yang bisa ia lakukan di sana. Zul Zivilia mempercayakan segala yang ia alami kini kepada Allah.

"Iya, kalau enggak gitu (beribadah), mau ngapain lagi. Enggak ada lagi kegiatan dan saya mempercayakan semuanya kepada Allah. Kalau enggak memperdalam ilmu agama gimana caranya. Saya yakin," ungkap Zul Zivilia di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (4/11/2019).

 

Sejak Dulu

Zul Zivilia dan istri di persidangan narkoba di PN Jakarta Utara, Senin (4/11/2019) siang (Dok istimewa)

Retno Paradinah, sang istri, tidak terkejut bahwa suaminya menjadi seseorang yang agamais. Menurutnya, Zul Zivilia menjadi seorang yang agamais sudah sejak dulu karena ia merupakan lulusan pesantren.

"Sebenarnya sih sudah dari dulu, dia kan memang lulusan pesantren. Jadi dari dulu sih sebenarnya sudah mengerti agama-agama gitu sih," ucap Retno Paradinah tentang sang suami yang dikenal lewat lagu "Aishiteru" itu.

Menyesal

Vokalis grup band Zivilia, Zulkifli alias Zul (tengah) saat diperlihatkan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/3). Zul ditangkap terkait penyalahgunaan narkotika di kawasan Jakarta Utara, Kamis (28/2) lalu. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Zul Zilvilia merasa menyesal atas perbuatan yang telah dilakukannya. Dirinya selalu memandang bahwa kejadian ini bisa menjadi hikmah dalam hidupnya.

"Ya tentu menyesal. Maka bersyukurlah saudara-saudara saya yang tidak terkena narkoba. Karena alhamdulillah Allah masih memasang tembok yang kuat, kokoh," kata Zul Zivilia.

"Sehingga mereka meskipun begitu dekat tapi tidak ikut terjerat dalam narkoba dan mudah-mudahan saya bisa memberikan hikmah untuk diri saya sendiri dan keluarga saya," lanjutnya.

Harapan

Zul Zivilia berharap tidak ada teman-teman terdekatnya yang mengulangi kesalahannya. Ia menghimbau mereka untuk menjauhi narkoba. Zul Zivilia juga berharap masih tetap kuat dalam menjalani proses persidangan.

"Jangan ada yang pakai narkoba lagi teman-teman saya. Berhentilah narkoba," tuturnya.

"Saya minta diberikan kekuatan karena semua ada hikmahnya. Alhamdulillah di umur 40 tahun saya nanti ada di penjara. Jadi semua ada hikmahnya dan umur 40 tahun ini Insya Allah, Allah memberikan saya jalan terbaik buat saya," imbuhnya.

(Maria Advensiani/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Badan Kehormatan DPRD DKI Berharap Tidak Ada Teguran untuk William

Posted: 04 Nov 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta menggelar rapat atas pengaduan etik terhadap anggota DPRD dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya Sarana. Rapat tersebut dihadiri seluruh perwakilan fraksi di DPRD DKI Jakarta.

Ketua Badan Kehormatan Achmad Nawawi menegaskan, hasil rapat BK bersifat rekomendasi. Sehingga, segala keputusan bentuk sanksi merupakan prerogatif pimpinan dewan.

Kendati demikian, ia mengharapkan tidak ada sanksi berat terhadap anggota yang dilaporkan, termasuk William. Alasan Nawawi untuk menjaga citra eksekutif dan legislatif di Jakarta.

"Saya berharap tidak ada teguran demi menjaga nama baik kita," ujar Nawawi di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Mengenai ramainya isu pengadaan lem Aibon yang berawal dari unggahan William di Twitter, Nawawi sedikit berkomentar. Menurutnya, sebagai anggota legislatif sudah sepatutnya mengawasi kinerja eksekutif, termasuk yang dilakukan William mempublikasi usulan lem Aibon di Dinas Pendidikan.

Akan tetapi, kata Nawawi, cara William tidak tepat karena usulan anggaran lem Aibon dan anggaran aneh lainnya belum dibahas dalam rapat resmi. William bersama PSI juga melakukan konferensi pers mengenai usulan anggaran fantastis nan aneh.

"Ini kan masih rancangan, mestinya belum dibuka sampai jumpa pers. Tapi tidak semua wewenang kami memutuskan," tukasnya.

Melanggar Kode Etik

Sebelumnya, Ketua LSM Maju Kotanya Bahagia arganya (Mat Bagan) Sugiyanto melaporkan William Aditya Sarana ke Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI. Di menilai William melanggar Peraturan DPRD DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib DPRD DKI Jakarta dan menyebabkan kegaduhan.

Menurut Sugiyanto, anggota komisi A DPRD DKI tersebut melanggar kode etik dengan mengunggah usulan anggaran Pemprov DKI ke media sosial.

Padahal, pengajuan anggaran seperti lem Aibon sebesar Rp 82 miliar hingga pulpen Rp 124 miliar dapat dibahas saat rapat komite berlangsung.

"Sikap yang bersangkutan justru menimbulkan opini negatif kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang seolah-olah dianggap tidak transparan," ucap Sugiyanto dalam keterangan resminya.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaringan Internet Telkomsel Sudah Kembali Normal

Posted: 04 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Layanan internet Telkomsel kembali berjalan normal. Sebelumnya, banyak pengguna Telkomsel sekitar pukul 11.00 WIB, mengeluhkan jaringan internet Telkomsel mengalami penurunan kualitas (lemot).

"Setelah terjadi penurunan kualitas akses layanan internet beberapa waktu lalu, saat ini akses layanan internet kembali normal. Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," ujar VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, dalam keterangan resminya, Selasa (5/11/2019).

Telkomsel menegaskan akan selalu berusaha menyuguhkan pelayanan terbaik untuk para pelanggannya. "Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan," tuturnya.

Sebelumnya, GM External Corporate Communications [Telkomsel,]( 4091331 "") Aldin Hasyim, mengatakan penurunan kualitas layanan internet disebabkan gangguan pada akses internet internasional Telkom Group. Hal ini membuat gangguan tidak hanya terjadi di jaringan Telkomsel, tapi juga layanan IndiHome.

"Telah terjadi penurunan kualitas layanan data internet yang disebabkan oleh gangguan pada akses internet international Telkom Group, sedangkan untuk layanan voice dan SMS tetap berjalan normal," kata Aldin.

Warganet Keluhkan Jaringan Internet Telkomsel Bermasalah, Ada Apa?

Ilustrasi Twitter  (iStockPhoto)

Sejumlah pengguna Telkmsel mengeluhkan penurunan kualitas layanan intenret di Twitter. Tak hanya Telkomsel, pelanggan IndiHome juga mengeluhkan gangguan serupa. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut kumpulan cuitan warganet yang mengalami gangguan tersebut:

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai Wabah Polio, Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 akan Divaksin

Posted: 04 Nov 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kontingen Indonesia yang akan tampil di SEA Games 2019 akan divaksinasi. Ini menyusul adanya wabah virus polio yang menyebar di Filipina. Hal tersebut dikatakan Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Yuni Poewanti usai rapat dengan perwakilan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Ruang Rapat Lantai 3, Gedung Grha, Kemenpora, Senin (4/11).

"Kontingen Indonesia sudah diambang pintu akan berangkat mengikuti SEA Games. Ternyata kita semua harus memperhatikan bahwa di Filipina sedang adanya wabah polio. Oleh karena itu, seluruh kontingen Indonesia harus divaksin, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Yuni.

Setelah mengetahui adanya penyebaran wabah virus polio di Filipina, Kemenpora, kata Yuni langsung bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan Kemenkes. Aspek kesehatan kontingen Indonesia menjadi hal penting untuk dibahas bersama menjelang perhelatan pesta olahraga tersebut.

"Kita segera berkoordinasi dengan Kemenkes untuk menyelesaikan permasalahan ini. Dan hari ini kita mengagendakan rapat untuk membahas pemberian vaksin kepada kontingen Indonesia," jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes, Vensya Sitohang. Dia bilang, kontingen Indonesia yang berlaga di SEA Games nanti sangat perlu untuk mendapatkan vaksinasi. "Ini perlu untuk diantisipasi. Sebelum berangkat harus divaksin. Tim medis tentunya dipersiapkan," tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Kesehatan Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Kolonel dr Wiweka mengatakan, rencana vaksinasi tersebut akan dilakukan pada 8-17 November mendatang.

"Terkait vaksinasi polio, rencananya akan dilakukan Jumat, 8 November. Dan target selesai semua vaksin pada 17 November. Nanti akan kita susun jadwalnya. Untuk yang pertama adalah cabang olahraga sepak bola, karena mereka yang akan berangkat duluan. Menegenai proses vaksinasi, kita akan berusaha untuk datang, artinya kita yang jemput bola," jelasnya.

Wiweka yang juga menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo ini berharap, kontingen Indonesia bisa bertanding secara prima. Sehingga prestasi bisa diraih. Dia juga mengingatkan kepada atlet untuk menjaga stamina.

"Tentu harapan kita bersama, atlet Indonesia bisa bertanding dengan prima. Tim kesehatan mendukung penuh. Saya berpesan agar kiranya atlet menjaga staminanya, dan mempergunakan waktu istirahat dengan sebaik mungkin," tutup Wiweka.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MV Agusta Siapkan Lawan Kawasaki H2, Ini Wujudnya

Posted: 04 Nov 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - MV Agusta secara resmi mengungkap salah satu motor andalannya, Brutale 1000 RR terbaru secara global. Memiliki desain berotot dan agresif, naked bike ini terinspirasi dari Brutale 1000 yang disingkap tahun lalu. 

Seperti dilansir Motorbeam, Selasa (5/11/2019), hadir dengan pilihan warna ago red, matt gray dan metallic avio grey motor ini terlihat lebih sporty.

Muncul dengan lampu LED dan tangki besar, motor pabrikan otomotif Italia ini memiliki sisi unik yang terlihat agresif. Bagian belakang terlihat sangat tajam dengan desain lampu ekor yang megah.

Dari sisi dapur pacu, MV Agusta Brutale 1000 RR dibenamkan mesin DOHC 16-silinder 998 cc 4-silinder, berpendingin cairan, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 208 Tk pada 13.000 rpm dan torsi puncak 116,5 Nm pada 11.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan gearbox 6-speed.

Untuk kenyamanan, motor ini menggunakan shock depan up side down Öhlins Nix EC dan Öhlins EC TTX di bagian belakang.

terkait sistem pengereman, MV Agusta Brutale 1000 RR disematkan rem cakram ganda berukuran 320 mm di depan dan cakram tunggal 220 mm di belakang.

Siap bersaing dengan bersaing dengan Ducati Streetfighter V4 S dan Kawasaki Z H2 baru, MV Agusta Brutale 1000 RR dibandrol dengan harga 29.990 Euro atau setara dengan Rp467 juta.

Mengintip Kemampuan Motor Naked Terbaru MV Agusta

Perusahaan otomotif asal Italia, MV Agusta secara resmi meluncurkan Dragster 800 RR terbaru untuk pasar otomotif India. Tersedia dalam tiga versi yakni 800 RR, 800 RR America dan 800 RR Pirelli, satu varian yang dihadirkan merupakan produksi terbatas.

Sebagai motor sport naked, MV Agusta Dragster 800 RR memiliki mesin 798cc 3 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 140 Tk pada 13.100 RPM dan torsi 87 Nm pada 10.100 RPM karena dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan. Demikian seperti dilansir Motorbeam, Kamis (10/10/2019).

Tersedia dalam dua pilihan warna, Dragster 800 RR America merupakan edisi khusus dengan skema warna mica blue.

Meski hanya tersedia 200 unit di seluruh dunia, harga yang ditawarkan untuk motor ini sama dengan varian 800 RR.

Khusus 800 RR Pirelli, desain yang disematkan telah dirancang dalam aliansi Pirelli seperti logo yang disematkan pada tangki.

Mendapat formulasi khusus oleh teknisi R&D Pirelli di bagian tangki dan fairing, varian ini dinilai spesial karena tahan terhadap goresan dan gesekan.

Tersedia dalam skema warna matte black/Pirelli yellow and ice pearl/American blue, MV Agusta 800 RR Pirelli ditawarkan dengan harga Rs. 21,50 lakh atau setara Rp428,8 juta.

Sedangkan untuk MV Agusta Dragster 800 RR dan 800 RR America dibandrol mulai Rs. 18,73 lakh atau Rp373,5 jutaan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ASEAN dan 5 Negara Mitra Sepakati Perjanjian RCEP, Hanya India yang Menolak

Posted: 04 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Sepuluh negara ASEAN dan lima negara mitra yang terlibat dalam negosiasi pakta perdagangan bebas Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), siap menandatangani kesepakatan tahun depan. Namun, hanya India yang menolak, meski negara itu merupakan bagian dari kelompok kemitraan multilateral tersebut (ASEAN+6 atau plus Six)

Sebuah pernyataan yang dirilis pada akhir KTT pembahasan RCEP pada Senin 4 November 2019 mencatat, 15 negara RCEP (terkecuali India dalam skema ASEAN plus 6) "telah menyelesaikan negosiasi berbasis teks untuk semua 20 bab dan pada dasarnya semua masalah akses pasar mereka; dan penugasan legal yang ditugaskan oleh mereka untuk memulai penandatanganan pada tahun 2020."

Namun, naskah pernyataan itu mencatat bahwa "India memiliki masalah luar biasa yang signifikan, yang tetap belum terselesaikan," demikian seperti dilansir The Strait Times, Selasa (5/11/2019).

Menurut outlet media India NDTV, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan selama KTT RCEP pada hari Senin bahwa "hati nuraninya" tidak akan mengizinkannya untuk membiarkan India bergabung dengan RCEP.

Vijay Thakur Singh, seorang pejabat senior dari Kementerian Luar Negeri India, mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers di Bangkok: "Keputusan ini mencerminkan penilaian kami terhadap situasi global saat ini serta keadilan dan keseimbangan perjanjian. India memiliki masalah signifikan dengan minat inti yang masih belum terselesaikan."

Keputusan itu disambut secara luas di India, dengan pemimpin Kongres Randeep Singh Surjewala menggambarkannya sebagai "kemenangan bagi semua yang berjuang untuk melindungi kepentingan nasional."

Le Yucheng, Wakil Menteri Luar Negeri China, berbicara tepat sebelum KTT RCEP, mengatakan bahwa "15 negara peserta telah memutuskan untuk bergerak maju terlebih dahulu".

"Tidak akan ada masalah bagi 15 pihak untuk menandatangani RCEP tahun depan," katanya pada sela-sela agenda KTT ASEAN di Bangkok.

"Tapi kami juga mempertimbangkan keprihatinan India, jadi kami mengambil sikap terbuka. Setiap kali India siap, Anda dapat bergabung."

Sekilas RCEP, Pakta Perdagangan Terbesar di Dunia

Presiden Joko Widodo bersama kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN berfoto dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Bahkan tanpa India, RCEP akan menjadi pakta perdagangan terbesar di dunia.

RCEP yang diusulkan melibatkan 10 negara anggota ASEAN+6: China, India, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru --yang semuanya menyumbang sepertiga dari produk domestik bruto dunia.

Negosiasi telah berlangsung sejak 2013. Perjanjian perdagangan bebas multilateral ini, jika ditandatangani, diharapkan memberi perangsang bagi prospek ekonomi suatu wilayah yang saat ini dihantam oleh perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

New Delhi menghadapi tentangan keras dari dalam negeri terhadap kesepakatan itu, karena kekhawatiran bahwa masuknya barang-barang murah China di bawah skema RCEP akan memusnahkan industri kecilnya.

Sepuluh serikat pekerja pusat di India telah meminta pemerintah untuk menarik diri dari perundingan.

Konfederasi Industri India, sementara itu, meminta perhatian pada peluang jangka panjang untuk bergabung dengan RCEP.

Presiden Konfederasi Industri India, Vikram Kirloskar, mengakui kekhawatiran India tentang impor murah China dan mendukung seruan PM Narendra Modi untuk hasil seling menguntungkan dalam negosiasi RCEP.

Kirloskar mengatakan, "setiap keputusan untuk bergabung dengan perjanjian sebesar ini dan besarnya tidak boleh didasarkan pada keprihatinan kami terkait ke satu negara ."

Ia menambahkan dalam sebuah pernyataan: "(Perjanjian perdagangan bebas) harus dipertimbangkan dari dampak jangka panjangnya, baik pada pasar domestik kita dan akses yang disediakannya."

"Beberapa industri kami mungkin berfokus di dalam negeri hari ini. Tetapi dalam 10 tahun ke depan, kami menginginkan akses ke wilayah paling bersemangat dari 15 negara lain yang disediakan RCEP."

Kesimpulan dari negosiasi RCEP dan pertumbuhan rantai nilai regional yang difasilitasi oleh RCEP akan memberikan momentum untuk integrasi di Asia-Pasifik, catat konfederasi.

"Persepsi umum adalah pentingnya India sebagai konsumen pasar produk akhir."

"Tetapi ketika RCEP berkembang, dan tarif yang menguntungkan dan Rules of Origin (ROO) mulai masuk, India harus menjadi pusat utama untuk mengoordinasikan rantai nilai regional melalui dirinya sendiri --baik sebagai pasar utama untuk produk akhir dan sebagai lokasi untuk ekspor negara ketiga, terutama ke Timur Tengah, Afrika dan Eropa," kata Kirloskar.

Harapan Agar India Jadi Penyeimbang China

Sementara itu, beberapa pihak telah menyuarakan keprihatinan bahwa pengecualian India dari RCEP akan meninggalkan kelompok itu tanpa "penyeimbang" untuk menahan laju dominasi tunggal China.

Chen Lurong, seorang ekonom di Economic Research Institute for ASEAN and East Asia yang berbasis di Jakarta, mengatakan kepada The Straits Times: "Kekhawatiran sebenarnya adalah bagaimana menjaga China di jalur yang benar --meliberalisasi perdagangan dan investasi, menjaga pasar tetap terbuka, memainkan permainan (perdagangan) berbasis aturan."

"Sepertinya bagi saya bahwa ekonomi Tiongkok yang besar dengan kebijakan pintu terbuka dan penghormatan terhadap disiplin pasar akan menjadi ancaman bagi ekonomi regional atau global."

Pernyataan Bersama Pemimpin KTT RCEP

Ilustrasi ASEAN. (Gunawan Kartapranata/Creative Commons)

Berikut isi pernyataan bersama para pemimpin negara yang menyepakati RCEP, sebagaiman dilansir The Strait Times:

4 November 2019, Bangkok, Thailand

Kami, para Kepala Negara / Pemerintah Negara-negara Anggota dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), serta Australia, China, India, Jepang, Korea, dan Selandia Baru, berkumpul pada 4 November 2019 di Bangkok, Thailand, pada kesempatan KTT RCEP ke-3.

Kami mengingat Deklarasi Bersama kami tentang Peluncuran Negosiasi untuk RCEP yang dikeluarkan di Phnom Penh, Kamboja, pada tahun 2012, serta Prinsip dan Tujuan Panduan untuk Negosiasi RCEP yang kami dukung, di mana kami berkomitmen untuk mencapai perjanjian kemitraan ekonomi yang modern, komprehensif, berkualitas tinggi dan saling menguntungkan.

Dengan latar belakang lingkungan global yang cepat berubah, penyelesaian negosiasi RCEP akan menunjukkan komitmen kolektif kita terhadap perdagangan terbuka dan lingkungan investasi di seluruh kawasan.

Kami sedang merundingkan Perjanjian yang dimaksudkan untuk memperluas dan memperdalam rantai nilai regional lebih lanjut untuk keuntungan bisnis kami, termasuk usaha kecil dan menengah, serta pekerja, produsen, dan konsumen kami.

RCEP akan secara signifikan meningkatkan prospek pertumbuhan masa depan kawasan dan berkontribusi positif terhadap ekonomi global, sambil berfungsi sebagai pilar pendukung untuk sistem perdagangan multilateral yang kuat dan mempromosikan pembangunan ekonomi di wilayah tersebut.

Kami menyambut baik laporan yang disajikan oleh para Menteri tentang hasil negosiasi RCEP, yang dimulai pada 2013.

Kami mencatat 15 Negara Peserta RCEP telah menyelesaikan negosiasi berbasis teks untuk semua 20 bab dan pada dasarnya semua masalah akses pasar mereka; dan penugasan legal yang ditugaskan oleh mereka untuk mulai ditandatangani pada tahun 2020.

India memiliki masalah luar biasa yang signifikan, yang masih belum terselesaikan.

Semua Negara Partisipan RCEP akan bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah-masalah luar biasa ini dengan cara yang saling memuaskan. Keputusan akhir India akan tergantung pada resolusi yang memuaskan dari masalah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan Bareng Keluarga, Gaya Ayu Ting Ting Jadi Sorotan

Posted: 04 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Ting Ting merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang namanya kian melejit. Kehidupannya tak pernah luput dari perhatian publik. Seolah semua gerak-geriknya selalu jadi pusat sorotan warganet.

Ayu memang termasuk aktif di media sosial, terutama di Instagram. Setiap ia mengunggah suatu foto atau momen, Instagramnya tak pernah sepi dari komentar warganet.

Kesuksesan wanita cantik ini tentu membawa dampak pada keluarganya. Tak sedikit yang kemudian penasaran dengan gaya kehidupan keluarga Ayu.

Seperti baru-baru ini, ibunda Ayu Ting Ting, yaitu Umi Kalsum, kembali jadi buah bibir warganet. Ia membagikan momen pertemuan bersama keluarga dan tim manajemen.

Momen pertemuan itu ia habiskan dengan mengobrol dan makan bersama. Pada foto itu juga terlihat ada Ayu Ting Ting.

Ibu satu anak ini terlihat memakai busana kasual, mengenakan kaus lengan panjang berwarna hijau dan dipadukan dengan celana pendek hitam sepaha. Rambut ikal cokelatnya terurai dan Ayu pun tersenyum ke arah kamera.

"pagi semuanya Alhamdulilah bisa berkumpul makan bareng keluarga dan team @ayutingting92," tulis ibunda Ayu di akun Instagramnya, 2 November 2019.

Gaya Makan Dikritik Warganet

Ayu Ting Ting makan bersama keluarga dan tim manajemen. (dok.Instagram @mom_ayting92/https://www.instagram.com/p/B4WQCBnlShH/Henry)

Melihat momen bahagia keluarga Ayu, warganet pun ikut senang. Meski begitu, ada saja yang memberikan komentar pedas pada gaya Ayu Ting Ting.

Kali ini bukan karena gaya pakaian maupun dandanannya, tapi gaya makannya. Dalam unggahan tersebut, Umi Kalsum mengunggah momen itu menjadi tiga slide. Dua foto dan satu video.

Dalam video tersebut, Ayu terlihat sedang makan dengan menu omelet dan daging. Sayangnya dari kamera, Ayu terlihat makan menggunakan tangan kiri.

Gaya makan Ayu pun menuai banyak kritikan. "Ayu maemnya pake tangan kanan dong,, pisaunya ditaro dulu kalo mau nyuap," tulis pemilik akun @yupiyuhana. "Ay cantik..makannya tangan kiri ya say.. better yg kanan ya say.. love you all..," komentar akun @ine_hafizdoll_bandung.

"Bu Ayu..ma'afnya..mkanya tngan knan donk!," tulis akun @imroah_78 mengomentari gaya makan Ayu Ting Ting.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Lucu Siswa Parodi Naik Odong-Odong, Bikin Ketawa Geli

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu sifat yang dimiliki anak-anak adalah keinginan untuk bermain. Salah satu permainan yang disukai para bocah yakni odong-odong.

Permainan odong-odong merupakan wahana permainan untuk anak berupa motor-motoran dan bentuk lainnya yang biasanya terdapat di taman bermain.

Selain di taman bermain, ada juga orang yang berkeliling menyewakan jasa odong-odong. Biasanya orang yang menyewakan jasa odong-odong ini menggunakan sepeda untuk berkeliling dan oodng-odong dioperasikan dengan cara dikayuh.

Parodi Odong-Odong

Menggoes Odong-odong adalah pekerjaannya dan di tempat-tempat keramaian seperti inilah dia biasa mangkal. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Akun Twitter @babymo0n15 pada Jumat (1/11/2019), mengunggah sebuah video yang menunjukkan lima siswa mengendarai odong-odong. Tetapi dalam video tersebut para siswa tidak menggunakan odong-odong sungguhan, melainkan kursi di dalam ruangan kelas.

Gerakan Kompak

Dalam video singkat tersebut tampak empat siswa duduk dan menggoyangkan kursinya secara kompak, sementara satu siswa yang berperan menjadi penyewa odong-odong terlihat mengayuh sambil kelelahan pada kursi paling belakang.

Lucunya, video tersebut juga didukung dengan lagu 'Naik Odong-Odong'.

 

 

Respons Warganet

Tidak disangka, twit tersebut menjadi viral dan telah mendapatkan lebih dari 40 ribu retweets dan 54 ribu likes. Twit tersebut juga mendapatkan banyak komentar dari Warganet.

"Yang jd abang odong-odong feelnya dpt bgt, mana yg naik bisa serentak gt," kata akun @aininaf_.

"Sebenernye kurang nih... harus ada mak2 nyuapin anak sambil bawa kaen gendongan," tulis akun @kangtidor.

"Ada2 aja sih kelakuan anak sekolah," komentar akun @ssarahmajid.

"Abang nya kayak belom bayar kontrakan 3 bulan, berat banget hidup nya," sahut akun @PapiGalih. 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Sebut Investasi di Sektor Pangan Masih Minim

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha menilai investasi di sektor industri pangan masih belum maksimal. Padahal industri ini merupakan salah satu sektor yang paling penting.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan, Juan P. Adoe menekankan pentingnya pertumbuhan investasi di subsektor pangan dan ditunjang oleh infrastruktur keuangan yang memadai.

"Juga perlunya infrastruktur pembiayaan perbankan yang lebih inovatif dan kreatif," kata dia, dalam acara rakornas pangan di Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Fasilitas pembiayan yang memadai, lanjutnya, dapat mempermudah akses permodalan kepada petani dan peternak dengan skema perkreditan yang lebih kompetitif dan dapat menciptakan nilai tambah keuntungan bagi petani dan peternak. 

Dia memaparkan data Kementerian Perindustrian menyebutkan sektor makanan menjadi penyumbang utama penanaman modal dalam negeri (PMDN) senilai Rp 7,1 triliun, dan kedua terbesar penanaman modal asing (PMA) senilai USD 376 juta pada kuartal I/2019.

Pada periode-periode sebelumnya, sektor makanan juga menjadi salah satu kontributor utama investasi, terutama untuk PMDN.

"Kita harapkan investasi di sektor pangan terus tumbuh, tentunya ini perlu didorong dengan kebijakan fiskal dan insentif yang baik, karena akan berpengaruh banyak pada keberlanjutan pertanian dan industri makanan," tutupnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Pengusaha Kumpul Bahas Daya Saing Pertanian dan Industri Pangan

Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Rosan Roeslani saat menjadi pembicara pada talkshow Kamis Kerja di Hub 86 Jakarta, Kamis (10/1). Talkshow mengusung tema Bisnis Tanpa Hutang, Emang Mungkin? dihadiri generasi muda. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia menggelar rapat bertema Produktivitas dan Daya Saing Pertanian dan Industri Pangan, Selasa (05/11/2019). Rapat ini merumuskan rekomendasi kepada pemerintah untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing pertanian nasional.

Hingga saat ini, ketahanan pangan masih menjadi isu yang jadi perhatian pemerintah. Ada banyak tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan produktivitas pertanian nasional, begitu pula dengan industri pertanian.

"Ketahanan pangan ini hal yang mutlak. Pertumbuhan masyarakat yang tinggi harus diimbangi dengan pemikiran tentang pangan. Kita harus bisa mengadaptasi teknologi dengan baik agar ketahanan terjalin dengan baik," ujar Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani di Jakarta, Selasa (05/11/2019).

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan Franky Widjaja menyatakan, tahun 2045, jumlah populasi Indonesia akan mencapai jumlah 350 juta jiwa, sehingga diperlukan produksi pangan yang cukup untuk memenuhi pertumbuhan masyarakat tersebut.

"Artinya, kita harus bisa meningkatkan produksi pangan secara signifikan untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional," ujar Franky.

Investasi

Ilustrasi – Petani di Cingebul, Lumbir, Banyumas sedang panen padi. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan Juan P Adoe menekankan pentingnya investasi di subsektor pangan.

Pada periode sebelumnya, subsektor pangan menjadi salah satu kontributor utama investasi terutama dalam penanaman modal dalam negeri (PMDN).

"Kita ingin investasi di sektor pangan terus tumbuh, tentu perlu didorong dengan kebijakan fiskal dan insentif yang baik," ujar Juan.

Untuk mendukung hal itu, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Perekonomian Musdhalifah Machmud mengatakan pemerintah siap menjalankan regulasi terkait.

"Kami siap menjalankan rekomendasi dan regulasi untuk meningkatkan sektor pertanian yang selama ini berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB)," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bali Gravity Enduro, Kiprah Perdana Indonesia Gelar Balap Sepeda Gunung Internasional

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia patut berbangga sebab tahun ini untuk pertama kalinya dipercaya menjadi tuan rumah bagi kejuaraan balap sepeda enduro tingkat dunia.

Bersama empat negara Asia lainnya seperti Jepang, Nepal, Malaysia, dan Thailand, Indonesia terpilih menjadi penyelenggara salah satu agenda Enduro World Series Qualifier 2019. Bertajuk Bali Gravity Enduro, kejuaraan tersebut akan berlangsung di Kintamani, Bali, pada 9-10 November 2019.

"Event-nya itu seri dari Enduro World Series (EWS), salah satunya adalah babak qualifier. Babak qualifier ini dalam satu tahun ada di 78 negara. Alhamdulillah tahun ini Indonesia dinominasikan masuk sebagai salah satunya," ujar AT Wiryawan, Race Director Bali Gravity Enduro, dihubungi Health-Liputan6.com pada Minggu (3/10/2019).

Terpilihnya Indonesia sebagai salah satu penyelenggara babak kualifikasi kejuaraan dunia ini tak lepas dari upaya AT Wiryawan dan tim sejak 2015.

Diawali dengan merintis infrastruktur dan edukasi kepada para rider mengenai enduro, AT Wiryawan beserta timnya kemudian memberanikan diri menggelar kejuaraan mountain bike skala nasional.

"Kami mempersiapkan portofolio untuk dajukan ke EWS. Setiap event, kami laporkan ke mereka. Segala sesuatunya, terutama rule (aturannya) pun kita mengikuti rules Enduro World Series. Nah, pada 2018 baru mereka mengumumkan, kami diberi kesempatan untuk menyenggarakan satu event di Indonesia," cerita AT yang juga aktif dalam Komite Enduro Asia.

 

 

Kejuaraan Internasional di Indonesia

Tujuan AT Wiryawan dan tim menggelar ajang balap sepeda internasional di Tanah Air agar para atlet sepeda di dalam negeri bisa mendapatkan pengalaman tanpa harus merogoh kocek lebih dalam bepergian ke luar negeri.

"Biasanya atlet-atlet Indonesia yang bisa menikmati event-event internasional itu hanya orang-orang tertentu saja, yang punya uang dan tim besar. Mereka pergi ke sana. Saya berpikir bahwa kenapa enggak kalau event internasional itu kita hadirkan ke Indonesia. Biar semua, orang Indonesia khususnya, bisa menikmati riding dengan atlet-atlet internasional," jelasnya.

Panitia memilih Bali sebagai lokasi kejuaraan kualifikasi dunia kali ini karena dianggap memenuhi kriteria khusus yang ditetapkan oleh EWS. Ada dua kriteria yang diutamakan dalam pemilihan lokasi yakni keamanannya mudah diakses dan merupakan daerah wisata.

"Kenapa Bali? Karena dari EWS ada kriteria khusus. Pertama, harus mudah diakses secara keamanan. Kedua, kalau bisa di daerah wisata karena ini kan sport tourism. Bukan sekadar lomba sport saja, kita juga ada unsur leisure-nya," AT menjelaskan.

Menghadirkan pebalap juara dunia

Balap sepeda enduro merupakan balap sepeda gunung (all mountain bike racing) yang menggabungkan kategori cross country (XC) dan downhill (DH). AT mengatakan, ada tujuh stage atau jalur menurun (downhill) dalam kejuaraan di Kintamani tersebut.

Sementara kategori lomba dalam Bali Gravity Enduro, antara lain: Men Open, U-21, Master A-B-C, dan Women Open. Saat ini, atlet-atlet internasional yang telah terkonfirmasi mengikuti kejuaraan tersebut berasal dari Inggris, Brasil, Prancis, Kroasia, Iran, Italia, New Zealand, Australia, AS, Nepal, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Bahkan, AT mengatakan, para pebalap Tanah Air tak hanya bisa merasakan berkompetisi dengan atlet sepeda dari negara lain dalam Bali Gravity Enduro, tapi juga bisa menyerap ilmu dari juara dunia yag ikut hadir.

"Alhamdulillah ada dua atlet juara dunia World Cup-nya downhill, Luca Shaw dan Steve Peat untuk mengisi sharing session dan coaching clinics ke riders atau teman-teman pebalap," tutup AT Wiryawan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin Aprilio dan 5 Artis Indonesia yang Melamar Kekasihnya di Luar Negeri

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara yang serius, tentunya akan berlanjut ke pernikahan. Namun sebelum menikah, mereka terlebih dahulu menggelar proses lamaran. Termasuk di antaranya adalah Kevin Aprilio.

Istimewanya, Kevin Aprilio melamar sang kekasih di luar negeri. Rupanya, beberapa artis pria Indonesia juga pernah melakukan hal yang sama.

Tentunya, Kevin Aprilio dan beberapa artis Indonesia ini berhasil menciptakan momen bahagia bersama kekasih saat sedang liburan di luar negeri.

Ada yang Menikah dan Punya Anak

Putri pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah baru saja merayakan ulang tahun ke-2 nya. Ultah berlangsung di Rumah Yatim kawasan Kemang dihadiri oleh para selebriti beserta anak-anaknya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Setelah melamar, tentunya sang kekasih berhasil dibuat berbunga-bunga. Malahan sampai ada yang menikah dan memiliki anak.

Lalu, siapa sajakah deretan artis pria Indonesia yang sukses melamar kekasihnya di luar negeri? Ikuti deretannya berikut ini.

1. Kevin Aprilio

IG/kevinaprilio

Kevin Aprilio melamar kekasihnya, Vicy Melanie saat mereka sedang menikmati liburan di Korea Selatan bersama keluarga kedua belah pihak.

Momen lamaran yang digelar di sebuah resort itu, bahkan disaksikan oleh anggota keluarga mereka. Romantisnya, Kevin berlutut di hadapan Vicy saat memberikan cincin tunangan.

2. Randy Pangalila

(Liputan6.com/IG/randpunk)

Artis pria lain yang berhasil melaman kekasih di luar negeri adalah Randy Pangalila. Kala itu, Randy sedang berpacaran dengan Chelsey Adrienne.

Randy pun melamar Chelsey di Pinewood Lodge, Kanada. Beberapa lama setelah itu, Randy resmi menikah dengan Chelsey, tepatnya pada 19 Januari 2019.

3. Jeje Govinda

Jeje Govinda telah melamar Syahnaz Sadiwah secara resmi pada Minggu (11/11/2017) di kediaman Syahnaz di Green Andara Residence, Jakarta Selatan. Keduanya pun dikabarkan sudah merencanakan pernikahan. (Instagram/syahnazs)

Masih teringat bagaimana musisi Ritchie Ismail alias Jeje Govinda melamar pujaan hatinya yang juga adik Raffi Ahmad, Syahnaz Saqidah.

Jeje melamar Syahnaz di Italia saat mereka liburan bersama keluarga. Ibunda Syahnaz, Ami Qanita, turut menyaksikan proses lamaran putrinya. Kini, Jeje dan Syahnaz telah menikah dan tengah menantikan bayi kembar.

4. Sammy Simorangkir

Tahun ini Sammy Simorangkir dan Viviane berencana melangkah ke jenjang pernikahan. sayang, mereka belum mau mengungkap tanggal pernikahan mereka |(foto : Deki Prayoga/Bintang.com)

Penyanyi Sammy Simorangkir juga melamar Viviane yang kini telah menjadi istrinya di luar negeri.

Lamaran dilakukan secara romantis saat keduanya sedang berlibur di Paris, Prancis.

5. Dion Wiyoko

Dion dan Fiona ternyata sempat menghabiskan waktu berdua di kota Tokyo, Jepang. (viainstagram@fionaanthony/Bintang.com)

Seperti halnya Jeje Govinda, Dion Wiyoko juga melangsungkan lamaran di Italia. Dion melamar Fiona Anthony yang kini telah menjadi istrinya.

Setahun setelah bertunangan, keduanya pun menggelar prosesi pernikahan di Bali.

6. Anang Hermansyah

(Instagram/ashanty_ash)

Anang Hermansyah punya cara romantis saat hendak melepas masa dudanya. Pelantun lagu "Tania" ini melamar Ashanty di atas kapal pesiar.

Saat itu, keduanya sedang berlibur di Beijing, China. Proses lamaran disaksikan oleh anak-anak Anang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Putuskan Nasib Simon McMenemy Usai Timnas Indonesia Hadapi Malaysia

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochamad Iriawan, akan memutuskan nasib Simon McMenemy di kursi pelatih Timnas Indonesia setelah pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia, Selasa (19/11/2019).

Posisi pelatih berpaspor Skotlandia di Timnas Indonesia sedang dalam sorotan. Hal itu setelah empat kekalahan beruntun di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Simon dikontrak untuk bekerja selama dua tahun menangani Timnas Indonesia sejak awal Januari 2019. Sejauh ini, Simon belum menunjukkan kinerja seperti yang diharapkan bersama skuat Garuda.

"Untuk sementara pelatih timnas masih Simon, karena takutnya tim belum terlalu pas dengan pergantian. Kami harus memaksimalkan yang ada sambil menganalisa siapa (pelatih) yang sesuai untuk timnas nanti," kata Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, seperti dilansir Antara.

Menurut Iwan Bule, ada beberapa pelatih yang dipertimbangkan PSSI untuk melatih Timnas Indonesia, baik dari dalam maupun luar negeri.Nama-nama pelatih yang tengah dipertimbangkan PSSI berasal dari Asia dan Eropa.

 

 

Rapat Exco

Ketua Umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan menyampaikan konferensi pers usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu terpilih menjadi ketua umum PSSI untuk periode 2019-2023 usai meraih 82 dari jumlah voters 85. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menurut Iwan Bule, keputusan soal pelatih Timnas Indonesia akan dibahas dalam rapat komite eksekutif (exco) yang akan segera digelar. Rapat Exco PSSI rencananya berlangsuung hari ini (5/11/2019).

"Rapat exco akan menentukannya di sana. Namun, rapat juga akan membahas tentang Piala Dunia U-20 tahun 2021, peta jalan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional dan SEA Games 2019," papar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

 

Lawan Malaysia

Laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 berikutnya berlangsung Selasa (19/11/2019), di mana Timnas Indonesia akan bertandang ke Kuala Lumpur untuk menghadapi tuan rumah Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembina Pramuka di Surabaya Cabuli 15 Siswa Dituntut Hukuman Kebiri Kimia

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tersangka pencabulan anak-anak berinisial RS dituntut hukuman kebiri kimia oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim

Bila tuntutan ini dikabulkan hakim, maka ini adalah hukuman kebiri kimia kedua setelah Mojokerto. JPU dari Kejati Jatim, Sabetania membacakan tuntutuan terhadap terdakwa RS, instruktur pramuka yang melakukan perbuatan cabul pada siswa binaannya.

Tidka hanya hukuman kebiri kimia, terdakwa juga dituntut dengan hukuman pidana selama 14 tahun penjara. Selain hukuman penjara dan kebiri kimia, jaksa juga menuntut terdakwa agar dijatuhi hukuman denda sebesar Rp 100 juta subsiditer tiga bulan. Tuntutan terhadap terdakwa ini dibacakan secara tertutup di Pengadilan Negeri Surabaya.

Sayang, JPU Sabetania enggan memberikan komentar terkait dengan tuntutannya itu. Ia pun mengarahkan kepada wartawan agar mengonfirmasi tuntutan tersebut ke pimpinannya. "Ke pimpinan saja ya, saya masih ada sidang lagi," tutur dia, Senin, 4 November 2019, demikian mengutip Merdeka.

Secara terpisah, Aspidum Kejati Jatim, Asep Mariono menuturkan, tuntutan hukuman kebiri kimia yang dilayangkan pihaknya terhadap terdakwa, RS sudah melalui beberapa pertimbangan.

Ia mengatakan, pertimbangan yang memberatkan terdakwa menurut Asep yaitu terdakwa merupakan seorang pendidik yang seharusnya mengayomi. Kedua, dari hasil pendampingan secara psikologis, satu di antara korban terdakwa saat ini terindikasi bisa menjadi pelaku yang serupa ke depannya.

"Dari hasil pendampingan psikologis satu di antara korbannya terindikasi untuk menjadi pelaku," ujar dia.

Ia pun berharap, dengan tuntutan sedemikian rupa akan dapat memberikan efek jera pada pelaku. Apalagi, perbuatan pelaku diketahui sudah berlangsung cukup lama pada 2017-2019.

Sementara itu, pendamping hukum korban pencabulan dari Surabaya Children Crisis Center (SCCC), Muhammad Dewangga Kahfi menuturkan, tuntutan yang diterima terdakwa RS dianggap sudah setimpal dengan perbuatannya. Apalagi mengingat korbannya sudah cukup banyak.

"Saya kira sudah cukup setimpal. Semoga saja hakim nanti mengabulkan tuntutan jaksa seluruhnya," ujar dia.

Terkait dengan hal ini, terdakwa dijerat Pasal 82 ayat (2) Juncto Pasal 76E UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tetang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perbuatan Kedua atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi UU Jo.UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

 

Reporter: Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka.com

15 Anak Jadi Korban

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

Sebelumnya, Perbuatan cabul terdakwa dilakukan sejak pertengahan 2017 hingga 2019. Modusnya, terdakwa mengajak beberapa siswa datang ke kediamannya dengan alasan memberikan binaan khusus tentang ilmu kepramukaan.

Sedikitnya ada 15 anak di bawah umur yang menjadi korbannya. Para korban merupakan siswa binaan ekstrakulikuler dari lima SMP dan satu SD di Kota Surabaya.

Hukuman kebiri kimia ini sendiri sebelumnya sudah pernah dijatuhkan pada seorang terpidana di Mojokerto. Adalah Muh Aris (20), pemuda asal Dusun Mengelo, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, harus menjalani hukuman kebiri kimia setelah terbukti melakukan pemerkosaan terhadap 9 anak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Messi Cs Latihan Jelang Lawan Slavia Praha

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Gelandang Barcelona, Sergio Busquets (kiri) bersama Sergi Roberto dan Carles Alena tiba mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Gelandang Barcelona, Sergio Busquets (kiri) bersama Sergi Roberto dan Carles Alena tiba mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Para pemain Barcelona saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Para pemain Barcelona saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Bek Barcelona, Clement Lenglet (kanan) menyundul bola saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Bek Barcelona, Clement Lenglet (kanan) menyundul bola saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Penyerang Barcelona, Lionel Messi mengontrol bola saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Penyerang Barcelona, Lionel Messi mengontrol bola saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen saat mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (4/11/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Rusia, SK Slavia Praha pada Grup F Liga Champions di Camp Nou. (AFP Photo/Lluis Gene)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST: Bahasa Indonesia Pemersatu Bangsa

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Oktober dikenal bukan hanya sebagai bulan peringatan Sumpah Pemuda. Akan tetapi, pada Oktober juga diperingati sebagai Bulan Bahasa. Seperti diketahui pada poin ketiga isi Sumpah Pemuda adalah menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia.

Ternyata, bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa persatuan bukan tanpa alasan. Hal ini mengingat kembali sejarah Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang sejak abad ke-18 sudah menjadi bahasa pergaulan di Indonesia (lingua franca).

Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan. Selain juga karena lebih mudah dan mudah diterima oleh semua kalangan.

Usulan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan tak lepas dari tokoh Muhammad Yamin. Namun, usulan tersebut sempat ditolak oleh Tabrani, yang meminta bahasa Melayu disebut sebagai bahasa Indonesia. Setelah hadapi debat dan diskusi panjang baru, poin ketiga isi pemuda untuk menjunjung bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia, diikrarkan pada Kongres Sumpah Pemuda II 1928. Hal ini menunjukkan bagaimana para pemimpin Indonesia yang visioner mengenai bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia.

Bagaimana perbincangan mengenai sejarah bahasa Indonesia? Bagaimana peranan dan jumlah bahasa daerah di Indonesia? Bagaimana melestarikan bahasa ibu? Simak di Podcast di bawah ini bersama Editor Regional Ibo dan Editor Bahasa Fadjriah Nurdiarsih

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Langit New Delhi Diselimuti Kabut Asap Pekat

Posted: 04 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kota New Delhi, India diselimuti kabut asap pekat sejak Senin (5/11). Akibatnya sekolah di New Delhi meliburkan siswanya agar tidak terkena dampake negatif kabut asap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Awal Perkuat Pertahanan, Menhan Prabowo Kunjungi Pindad Rabu Besok

Posted: 04 Nov 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berjanji akan memperkuat pertahanan Indonesia. Kendati demikian, Prabowo belum mau banyak bicara lebih detail soal rencananya tersebut.

Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Treggono, menyebut proses kerja mereka ke depan akan dimulai usai mengunjungi PT Pindad, di Bandung, dalam waktu dekat.

"Rencananya baru hari besok, hari Rabu kami saya dan Pak Menteri berkunjung ke PT Pindad (Persero). Jadi setelah hari Rabu baru bisa menentukan arah industri pertahanan secara menyeluruh," ujar Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Wahyu Sakti Trenggono saat dihubungi, Selasa (5/11/2019).

"Jadi kami ingin berkunjung dulu (ke PT Pindad) agar kami dapat gambaran menyeluruh dulu. Agar nantinya penentuannya bisa lebih tepat juga," ujar Trenggono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memanfaatkan anggaran belanja di bidang pertahanan untuk memacu industrialisasi di dalam negeri. Jokowi juga mengingatkan Prabowo agar meminimalisir anggaran impor.

"Sedapat mungkin jangan sampai kita impor semuanya, tetapi harus di anggaran yang ada harus dimanfaatkan untuk pengembangan industri strategis, dari hulu sampai ke hilir," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (31/10).

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

Di HUT ke-74 TNI, Presiden Jokowi Janji Naikkan Anggaran Pertahanan

Sejumlah tank melintas saat parade alutsista pada perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019). Perayaan HUT ke-74 TNI ini diikuti oleh 6.806 prajurit. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden Joko Widodo berjanji menambah alokasi anggaran pertahanan pada tahun 2020. Hal itu disampaikan saat menjadi inspektur upacara di Peringatan HUT Ke-74 TNI.

Acara digelar di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (5/10/2019).

Jokowi menyebut, anggaran yang semula Rp 121 triliun pada tahun 2019 akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp 131 triliun. Penambahan itu tak lepas dari mewujudkan cita-cita menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia.

Menurut dia, hal itu harus didukung angkatan perang yang kuat.

"Oleh karena itu, belanja pertahanan diarahkan menjadi investasi pertahanan," kata dia

Jokowi menyampaikan pemerintah juga terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI.

"Pemerintah mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun. Selain itu, pemerintah akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Suap Proyek Dan Jabatan, KPK Periksa Kasubbag Protokoler Pemko Medan

Posted: 04 Nov 2019 08:50 PM PST

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar bersiap menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Selasa  (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar bersiap menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa  (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa  (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa  (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar bersiap menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Selasa  (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar bersiap menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitsubishi Xpander Crossover Meluncur Pekan Depan, Ini Bocorannya

Posted: 04 Nov 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan Mitsubishi Xpander mendorong PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk menghadirkan model baru lagi.

Namun kali ini, pabrikan berlambang tiga berlian tersebut menghadirkan model dengan konsep yang berbeda, yaitu sebuah crossover MPV.

Model baru ini, diklaim merupakan perwujudan dari karakter Mitsubishi Motors, sebuah kendaraan yang memiliki karakter Multi Purpose Vehicle (MPV) serta Sport Utility Vehicles (SUV).

Mobil ini bakal datang dengan menyatukan keunggulan performa berkendara, desain tangguh dan modern layaknya SUV. Namun, kendaraan ini juga keunggulan unik dari sebuah MPV yang lega dan memiliki fitur yang lengkap.

"MMC telah menciptakan model baru yang menggerakkan ambisi penggunanya di seluruh dunia," tulis Mitsubishi dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (5/11/2019).

Model ini, rencananya bakal dihadirkan pada 12 November 2019. Tapi saat ini, belum ada informasi yang lebih detail terkait crossover MPV ini.

 

Muncul dengan Kamuflase

Sebelumnya diberitakan, sebuah mobil dengan kamuflase tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan di Indonesia. Mobil dengan pelat B 2419 KEM ini disebut-sebut sebagai mobil keluarga Mitsubishi Xpander Crossover.

Menanggapi hal tersebut, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro enggan memberikan komentar terkait foto yang beredar.

"Tidak ada informasi dari kami bahwa ada foto atau apa. Tidak ada informasi," katanya di Senayan, Jakarta.

Saat disinggung Xpander Crossover merupakan kejutan yang telah disiapkan MMKSI untuk konsumen di Indonesia, Irwan kembali mengunci rapat informasi terkait hal tersebut.

"Ya, mudah-mudahan. Tapi yang foto tidak ada informasi," ujarnya singkat.

Bila foto yang beredar diamati lebih detail, terlihat mobil tersebut memiliki bumper depan lebih menonjol dibandingkan Xpander yang ada saat ini. Pelek yang digunakan juga diselimuti stiker penyamaran meski desainnya terlihat berbeda.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: