Selasa, 19 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ini 4 Inisiatif Google Bantu Masyarakat Indonesia Maju di Bidang Teknologi

Posted: 19 Nov 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Google menggelar Google for Indonesia, sebuah ajang perkenalan berbagai inisiatif, produk dan fitur baru Google untuk membantu orang Indonesia.

Pada acara Google for Indonesia digelar di Jakarta, Rabu (20/11/2019) ini, Google memperkenalkan sejumlah fitur baru pada Google Assistant, Google Maps, Google Shopping, Google Search, hingga ke aplikasi pencari kerja Kormo.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf menyebutkan, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di dunia.

Bahkan, pada 2024, potensi dari ekonomi digital Indonesia diramalkan mencapai USD 130 miliar. Google pun ingin membantu Indonesia mencapai target tersebut.

"Google ingin membantu agar orang Indonesia bisa berpartisipasi dan ikut maju dengan teknologi. Kami bekerja sama dengan pemerintah sekaligus kami fokus ke 4 inisiatif," kata Randy, membuka gelaran Google for Indonesia.

Keempat inisiatif Google untuk Indonesia antara lain adalah memperluas akses internet di Indonesia, meningkatkan keterampilan dan kesempatan bagi pelaku usaha UMKM dan generasi muda, menciptakan berbagai produk yang relevan untuk masyarakat Indonesia, serta berkomitmen memberikan literasi internet bertanggung jawab.

 

Google Station

Google gandeng startup unicorn rilis program Bangkit yang memberikan pelatihan engineering untuk meningkatkan talenta digital Tanah Air. Liputan6.com/ Agustin Setyo W

Randy mengatakan, untuk mempeuas akses internet di Indonesia tahun lalu Google meluncurkan Google Station, yakni menyediakan akses wifi dengan internet kecepatan tinggi.

Kini, Google memperluas akses tersebut dengan bekerja sama dengan mitra baru. "Kami kini bermitra dengan Telkom untuk memperluas cakupan Google Station," ujar Randy.

Tidak cukup hanya menyediakan internet, Google juga memajukan akses digital bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan peluang mereka berkarya dengan inisiatif Grow With Google.

"Kami ingin membantu orang Indonesia mencapai peluang, pasalnya ada lebih dari 1,6 juta orang mencari pekerjaan, anak muda dan talenta-talenta baru yang ingin berkembang. Kami menghadirkan Grow With Google yang di dalamnya ada Gapura Digital, Google Will, Google Bisnisku dan lain-lain," kata Randy.

 

Gapura Digital di 14 Kota

Ilustrasi Google (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Randy menyebut, Gapura Digital kini telah berjalan di 14 kota. Di mana 80 peserta telah membawa bisnis mereka ke intenet dan 50 persennya berhasil meningkatkan pendapatan mereka. Ke depannya, Google juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menggelar Gapura Digital bagi pelaku industri pariwisata.

Google juga membantu talenta digital di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari berkembangnya startup digital di Indonesia yang sangat cepat.

"Ribuan developer bekerja keras membangun solusi digital. Kami melatih 200 ribu developer dan ini 50 persen lebih banyak dari yang ditargetkan," kata Randy.

Google juga membuat program Bangkit kerja sama dengan startup unicorn Tanah Air seperti Tokopedia, Traveloka, Gojek. Tujuannya adalah menghasilkan tenaga teknis berkaliber tinggi bagi startup dan perusahaan teknologi kelas dunia yang ada di Indonesia.

"Di Bangkit, para peserta belajar tentang machine learning dan softskill lainnya agar lulusannya bisa mendapatkan skill yang diperlukan. Pendaftaran gratis dengan jumlah 300 peserta pertama," katanya.

(Tin/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatihan SDM Masuk Dalam Perjanjian Indonesia dan Eropa

Posted: 19 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Perekonomian, Rizal Affandi Lukman, menyebut bahwa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu yang akan masuk ke dalam perjanjian antara Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU-CEPA).

Hal ini sejalan dengan upaya Presiden Jokowi untuk menjadi kan SDM Indonesia berdaya saing.

"Iya itu tentu komponen yang sangat penting bagi perundingan Indonesia termasuk juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan kapasitas (SDM)," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/11).

Tak berbeda dengan kemitraan antara Indonesia Australia atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), kerja sama yang dijalin dengan Eropa kali ini juga akan fokus terhadap pelatihan kejuruan. Dia berharap dengan adanya pelatihan, para tenaga kerja atau SDM di Indonesia memiliki kualifikasi dan standar internasional.

"Jadi ini kesempatan yang intinya kemampuan daripada human resource development itu menjadi lebih baik dengan demikian produktivitas meningkat dan income meningkat sehingga ekonomi secara keseluruhan menjadi lebih baik," jelasnya.

Tak hanya, SDM, sebelumnya pemerintah juga terus mendorong agar komoditas sawit dapat masuk ke dalam perjanjian kemitraan antara Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU-CEPA). Hal ini sejalan dengan misi Presiden Jokowi dalam perlindungan dan pengembangan industri sawit Tanah Air.

 

Selanjutnya

Aktifitas kapal ekspor inpor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 1,24 miliar . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi memastikan pihaknya terus melakukan negosiasi perjanjian dagang dengan Eropa, salah satunya masalah sawit. Saat ini, diakuinya memang perjanjian tersebut belum tuntas dan akan diselesaikan dalam waktu dekat.

"Kami hanya memastikan bahwa negosiasi dengan uni eropa sawit akan menjadi salah satu elemen yang dinegosiasikan," katanya dalam acara Rakornas Kadin, di Jakarta, Selasa (19/11).

Menteri Retno menginginkan perjanjian dagang ini bisa menjadi jembatan bagi hubungan kerja sama yang lebih baik antar kedua pihak, khususnya di sektor industri sawit.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kedekatan Putra Mike Lewis dan Calon Ibu Sambungnya

Posted: 19 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasca bercerai dari Tamara Bleszynski pada 2012 silam, aktor tampan Mike Lewis menambatkan hatinya ke model cantik asal Bali, Janisaa Pradja. Meski baru menjalin asmara kurang lebih 1 tahun, namun Mike Lewis sudah mantap menuju jenjang yang lebih serius dengan Janisaa.

Terbukti, pada Jumat (15/11/2019) lalu. Mike dan Janisaa melangsungkan pertunangan di Raffles Hotel Jakarta. Dihadiri keluarga kedua pasangan dan para sahabat, dua sejoli ini tak bisa menyembunyikan raut wajah bahagianya.

Tak hanya dekat dengan Mike, nyatanya Janisaa juga akrab dengan putra Mike Lewis dan Tamara Bleszynski, Kenzou Leon. Dari berlibur hingga quality time bersama, hubungan Kenzou dan Janisaa terlihat akrab dan hangat. 

Dari laman instagram Mike, nampaknya bocah 9 tahun ini juga sudah menerima kehadiran calon ibu sambungnya. Penasaran seperti apa momen kebersamaan Janisaa dan Kenzou?

Berikut Liputan6.com ulas dari akun instagram Mike dan Janisaa, momen kebersamaan Janisaa dan putra Mike Lewis, Rabu (20/11/2019). 

1. Tak hanya dekat dengan Mike, Janisaa juga akrab dengan putra Mike Lewis dan Tamara Bleszynski, Kenzou Leon.

Kedekatan Putra Mike Lewis dan Jenisaa (Sumber: Instagram//mike_lewis)

2. Layaknya ibu kandung, hubungan Kenzou dan model asal Bali ini terlihat akrab dan hangat.

Kedekatan Putra Mike Lewis dan Jenisaa (Sumber: Instagram//mike_lewis)

3. Momen Mike, Janisaa dan Kenzou saat quality time bersama. Ketiganya kompak ya!

Kedekatan Putra Mike Lewis dan Jenisaa (Sumber: Instagram//mike_lewis)

4. Model sekaligus consultant wine ini sering mengunggah momen manisnya bersama putra tampan Mike Lewis.

Kedekatan Putra Mike Lewis dan Jenisaa (Sumber: Instagram//mike_lewis)

5. Enggak sedikit warganet yang bilang, Kenzou dan Janisaa terlihat mirip. Setuju enggak?

Kedekatan Putra Mike Lewis dan Jenisaa (Sumber: Instagram//mike_lewis)

6. Momen berlibur Mike, Janisaa dan Kenzou saat di Bali. Raut wajah bahagia terlihat jelas dari wajah mereka ya!

Kedekatan Putra Mike Lewis dan Jenisaa (Sumber: Instagram//mike_lewis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penolakan Serikat Pekerja Pertamina kepada Ahok Dinilai Wajar

Posted: 19 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penolakan terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ‎oleh serikat pekerja Pertamina dinilai wajar. Alasannya, mantan Gubernur DKI tersebut sudah mendapat cap arogan oleh sebagian besar orang. 

Ahok dipandang perlu untuk mengubah sikap negatifnya agar diterima di lingkungan baru saat memimpin Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, penolakan hal yang wajar dan pasti terjadi dari pihak yang tidak menyukai Ahok. Pasalnya, dia pernah menjadi narapidana apalagi kasus yang dihadapinya terkait dengan persoalan agama yang sangat sensitif.

"Sudah terlalu besar resisten masyarakat terkait dengan hal ini. Penolakan pasti akan ramai kembali," kata Mamit, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Di sisi lain, belum lagi adanya opini publik bahwa Ahok temperamental menjadi masalah juga. Jika nanti Ahok terpilih menjadi Direktur Utama Pertamina,maka dia harus mengubah perilaku dan sikap yang negatif selama ini.

"Jadi,saya kira pemerintah juga perlu berhati-hati terkait dengan pengangkatan Ahok ini," ujarnya.

Menurut Mamit, ‎Ahok perlu merangkul semua pihak, untuk menciptakan kerjasama tim dalam menjalankan program perusahaan yang dipimpinnya, sehingga bisnis perusahaan bisa lebih maju.

"Karena memimipin BUMN ini butuh kerjasama tim sehingga bisa membawa kemajuan BUMN. Jangan sampai nanti ada faktor dislike and like sehingga bisa menghambat kinerja BUMN‎," tandasnya.

Kadin Harap Masuknya Ahok ke BUMN Disikapi Secara Positif

Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama ketika menunggu pemeriksaan di ruang tunggu KPK, Jakarta, Selasa (12/4). Ahok memenuhi panggilan KPK terkait pemberian keterangan soal perkara pembelian lahan RS Sumber Waras (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, turut berkomentar mengenai masuknya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Chandra Hamzah ke jajaran pengurus salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurutnya, keputusan itu sudah menjadi kewenangan dari Menteri BUMN, Erick Thohir.

Rosan menginginkan agar penunjukan keduanya juga tidak dibesar-besarkan yang pada akhirnya akan membuat gaduh di masyarakat. Dirinya pun mengajak semua masyarakat untuk berpikir positif, mengingat pemilihan dua nama tersebut sudah berdasarkan pertimbangan matang.

"Kalau saya bilangnya tuh berprasangka posotif lah. Sudah lah saya yakin semuanya yang diseleksi yang ditentukan oleh pemerintah dalam hal ini Menteri BUMN kita yakini itu pasti yang terbaik," katanya saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (19/11).

Sebelumnya, pada Senin (18/9) Chandra Hamzah mendatangi Gedung Kementerian BUMN untuk bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Layaknya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Chandra Hamzah juga ditawari menjadi direksi di salah satu BUMN. 

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, Chandra Hamzah direncanakan mengisi salah satu posisi direksi BUMN di sektor keuangan, lebih tepatnya Bank BUMN.

"Beliau akan ditempatkan di perusahaan BUMN, dipastikan seperti itu. Posisinya apakah di direktur atau komisaris, tunggu tanggal mainnya. Sektornya keuangan," kata Arya di Kementerian BUMN, Senin (18/11).

Secara terang-terangan, Arya mengaku, Erick Thohir tidak akan berhenti di sini. Dirinya bakal mengundang banyak orang ataupun tokoh masyarakat untuk ditawari menjadi pimpinan BUMN.

Mengingat misi BUMN adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, nantinya, sosok pemimpin BUMN ini dipastikan akan memiliki integritas yang tinggi.

"Chandra Hamzah ini bisa mendorong perusahaan untuk mendukung visi misi pak Jokowi. Jokowi punya visi misi tertentu di bidang itu dan beliau akan menempati itu dan mempercepatnya," kata Arya.

"Kita harapkan nanti perusahaan ini di publik akan semakin baik imagenya. Akan banyak investor yg ikutan masuk," tambah dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: Direksi BUMN Harus Punya Akhlak Baik

Posted: 19 Nov 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pertemuan dengan direktur utama dan komisaris utama dari 32 BUMN, Selasa (19/11/2019). Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa poin pembahasan yang diutarakan Menteri BUMN kepada para direksi.

Salah satunya tentang kinerja perusahaan dan gaya hidup pemimpinnya. Staf khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan, jajaran direksi BUMN harus punya akhlak baik untuk memimpin perusahaan.

"Pak Erick sampaikan, bila BUMN baik, ekonomi Indonesia baik. Dibutuhkan akhlak yang baik untuk para pemimpin BUMN ini," tuturnya di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Arya mengatakan, para direksi tidak perlu melakukan lobi untuk mempertahankan jabatannya. Justru yang harus ditingkatkan adalah nilai bottom line atau kinerja keuangan perusahaan.

"Kalau kinerjanya bagus, tidak usah khawatir. Jadi tidak ada yang namanya lobi. Kalau kinerja bagus pasti dipertahankan," ujar Arya.

Seperti diketahui, Menteri BUMN sedang melakukan perombakan struktur organisasi di kementerian BUMN. Enam orang deputi KBUMN akan menempati posisi di berbagai BUMN yang sudah ditunjuk.

Diharapkan, penempatan ini akan membawa kinerja BUMN yang lebih baik lagi.

Aksi Bersih-Bersih Erick Thohir Diklaim Bakal Kurangi Korupsi di BUMN

Pemilik Satria Muda, Erick Thohir, memberikan sambutan saat peluncuran film 25 tahun Satria Muda di XXI Epicentrum, Jakarta, Kamis (15/11). Peluncuran ini dalam rangka peringatan hari jadi SM yang ke-25 tahun. (Bola.com/Yoppy Renato)

Langkah Menteri BUMN Erick Thohir merombak pos strategis sebagai bentuk penyegaran birokrasi kementerian yang dipimpinnya mendapat tanggapan positif dari kalangan ekonom.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai, hal ini dapat menguatkan kementerian. Selama ini, menurut dia, masih ada sejumlah sektor yang belum mendapat penyegaran, sehingga rawan korupsi.

"Ya, ini bagian dari 'bersih-bersih' rezim BUMN lama karena dianggap lemah dalam pengawasan BUMN, sehingga marak korupsi," tutur Bhima kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Selain itu, Bhima juga menilai perombakan struktural ini dapat meningkatkan kinerja BUMN dan relasinya dengan sektor swasta yang selama ini jarang dilibatkan dalam program kerja.

"Kinerja juga banyak yang belum memuaskan, seperti proyek infrastruktur yang utilitasnya rendah dan kurang melibatkan swasta. Itu yang coba dirombak," katanya.

 

Sinergi BUMN

Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 Erick Thohir tiba di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (21/10/2109). Kedatangan Erick Thohir berlangsung jelang pengumuman menteri Kabinet Kerja Jilid II oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Erick Thohir, dengan latar belakang dari sektor swasta, diharap bisa melakukan sinergi BUMN dengan berbagai pihak. Sehingga BUMN yang selama ini kerap mendapat kritik bisa terus meningkatkan performanya.

"Memutus rantai salah urus BUMN," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kapolri Rapat Kerja Perdana dengan Komisi III DPR

Posted: 19 Nov 2019 09:42 PM PST

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kiri) berbincang dengan Wakapolri Komjen Ari Dono saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kiri) berbincang dengan Wakapolri Komjen Ari Dono saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kedua kanan) saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kedua kanan) saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kedua kiri) saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kedua kiri) saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kiri) dan Wakapolri Komjen Ari Dono saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kiri) dan Wakapolri Komjen Ari Dono saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kanan) saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis (kanan) saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kebiasaan Biar Hasil Jepretan Kamera Jadi Lebih Bagus

Posted: 19 Nov 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di era modern seperti sekarang, tak hanya fotografer ternama, tapi masyarakat biasa juga ingin menghasilkan foto yang luar biasa. Kebanyakan orang ingin menghasilkan foto yang dikagumi dan dihargai pengguna media sosial lain.

Melansir laman Magforwomen.com, Rabu (19/11/2019), menghasilkan karya foto yang bagus tidak selalu harus datang dari kamera mahal. Keindahan foto juga tidak selalu terjadi di tempat-tempat mewah atau mahal.

Anda hanya perlu mengembangkan sejumlah kebiasaan baik agar hasil foto Anda lebih berkembang. Berikut beberapa kebiasaan yang sebaiknya segera Anda coba:

1. Memotret setiap hari

Foto yang bagus tak terjadi hanya dalam hitungan detik. Foto yang bagus dapat Anda miliki dengan berlatih setiap hari.

Anda harus terbiasa dengan berbagai fungsi di kamera Anda, hingga bisa menemukan seni dan estetika memtoret. Jadi bawalah kamera ke mana saja Anda pergi dan berlatihlah dengan objek-objek sederhana di lingkungan sekitar.

2. Bergeraklah

Salah satu kebiasaan baik untuk menghasilkan foto yang menarik adalah dengan menjadi lebih proaktif. Jika ada yang menghalangi pemandangan Anda, bergeser dan cari angle lain.

Tanya diri Anda sebelum memotret, di mana posisi yang baik untuk menangkap sebuah objek melalui lensa kamera. Janga coba untuk pindahkan dunia, lebih banyak bergerak dapat membantu Anda mengenali sudut-sudut terbaik pengambilan foto.

 

3. Cari inspirasi

Ilustrasi kamera / Sumber: iStockphoto

 

Cobalah untuk melihat hasil karya orang lain. Anda bisa belajar dari para fotografer hebat dan mempelajari apa yang mereka lakukan. Lebih rajin membaca dan belajar akan membuat diri Anda berkembang setiap harinya.

Kemampuan fotografi yang lebih baik dapat diraih dengan mencoba menduplikasi karya fotografer lain dengan tujuan untuk belajar.

4. Pahami kamera Anda

Sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang kamera Anda. Seorang fotografer dapat menunjukkan performa pemotretan yang baik saat memahami kameranya dengan baik.

Tak ketinggalan, Anda juga harus paham betul menggunakan berbagai perlengkapan dan peralatan memotret. Jangan malu untuk terlebih dulu membaca petunjuk manual kamera guna menguasai seluruh fungsi di kamera Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klub Ekuador Berencana Gelar Laga Persahabatan untuk Eks Bintang MU

Posted: 19 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Klub Ekuador LDU Quito merencanakan pertandingan persahabatan melawan Manchester United (MU) di Old Trafford tahun depan.

Tim asal Amerika Selatan itu, sengaja menggelar lagatersebut untuk pemainnya Antonio Valencia, yang juga mantan penggawa MU.

Rencana pertandingan itu dikonfirmasi langsung direktur klub Esteban Paz saat wawancara dengan Radio Huancavilca.

"Segera kita akan memiliki kesempatan untuk bermain melawan United (MU) di Old Trafford, di mana Antonio Valencia akan mengadakan pertandingan perpisahannya," kata Esteban Pazkepada Radio Huancavilca. "Kami berharap di kuartal pertama tahun depan."

Sumbang 2 Gelar

1. Antonio Valencia - Berstatus kapten Setan merah membuat nya belum tentu bertahan di Old Trafford musim panas ini. Pria berusia 33 tahun itu masih mengalami cedera ligamen yang membuat Manchester United berat untuk mempertahankannya. (AFP/Ben Stansall)

Antonio Valencia bergabung dengan MU dari Wigan Athletic pada 2008. Dia sudah membuat 339 penampilan untuk Setan Merah, dan memenangkan dua gelar Liga Premier.

Valencia meninggalkan Old Trafford, markas MU, untuk pindah ke LDU dengan status bebas transfer musim panas lalu. Namun, waktunya di Ekuador sedikit kontroversial sejak iadiusir dua kali dalam bulan-bulan pertamanya di tim Amerika Selatan.

Tak Perpanjang Kontrak

Valencia meninggalkan Old Trafford setelah kontraknya yang berakhir pada Juni 2019 tidak diperpanjang oleh Manchester United. Kepergian itu mengakhiri hubungan selama 10 tahun bersama Setan Merah.

LDU Quito sendiri merupakan juara bertahan Liga Ekuador. Namun, saat ini klub berjuluk Los Albos itu sedang dalam performa buruk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Syarat agar Indonesia Bisa Masuk 5 Negara Terbesar di Dunia

Posted: 19 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Perekonomian, Rizal Affandi Lukman, menyebutkan untuk menjadi lima negara terbesar di dunia pada 2025, ekonomi Indonesia harus mampu tumbuh sebesar 7 persen per tahun. Pertumbuhan itu setara sekitar USD 7 triliun pada Produk Domestik Bruto (PDB).

Rizal mengatakan, apabila pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya bergerak di kisaran 5-6 persen pada 2025, maka pendapatan PDB hanya berkisar pada USD 3-5 triliun saja. Untuk itu, pemerintah perlu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga mencapai 7 persen.

"Untuk tahun 2025, lima tahun di Indonesia harus memiliki 7 persen per tahun. Apakah perhitungannya besar dunia dan juga mengkategorikan pendapatan masyarakat," ujarnya dalam acara Indonesia Economic Forum, di Jakarta, Rabu (20/11).

Menurut dia ekonomi saat ini lebih ke potensi terhadap besaranya PDB. Namun diakuinya, untuk menyongsong pertumbuhan sebesar 7 persen per tahun cukup berat. Mengingat ketidakpastian global masih belum selesai, utamanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

"Walaupun ada tantangan tetap solid dan Indonesia masih sekitar tumbuh 5 persen, tapi itu tidak cukup. Kita harus mencapai USD 7 triliun pada tahun 2025," ucapnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Ekonomi Syariah Jadi Sumber Pertumbuhan Baru di Berbagai Negara

Pengunjung memasuki Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik diharapkan menjadi tempat bagi para pelaku di industri halal untuk mengembangkan ide kreatifnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, menyebutkan ekonomi syariah dapat menjadi solusi yang tepat saat ekonomi global penuh ketidakpastian seperti sekarang ini.

"Sebuah perjalanan panjang dan tantangan besar masih ada di depan kita untuk menyadari manfaat penuh yang bisa diberikan oleh ekonomi dan keuangan Islam kepada dunia," kata dia dalam pembukaan Forum 5th International Islamic Monetary Economics and Finance Conference (IIMEFC) 2019, sebagai rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019, di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dody menjelaskan pada saat ketidakpastian ekonomi global yang berkepanjangan dan potensi pertumbuhan ekonomi global yang menurun, dunia mencari keseimbangan dan stabilitas baru.

Tekanan tidak hanya terjadi di negara-negara dengan fundamental ekonomi yang buruk, tetapi juga di negara-negara dengan fundamental yang masih relatif sehat seperti Indonesia.

"Ke depan, sebagai bagian dari keadaan global ini kita harus menyesuaikan dan beradaptasi dengan kehidupan dalam lingkungan volatilitas yang lebih tinggi," ujarnya.

Jika dalam waktu dekat, tetap melanjutkan "bisnis seperti biasa", ketidaksetaraan global dipastikan akan semakin meningkat dan semakin besar.

"Perlu ada solusi. Tatanan ekonomi dunia perlu diarahkan agar lebih adil, tumbuh secara proporsional dan berkelanjutan. Kegiatan ekonomi harus lebih produktif, distribusi pendapatan harus lebih inklusif. Selanjutnya, transaksi keuangan harus didasarkan pada kegiatan ekonomi riil. Semua ini mengandung prinsip ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam," ujarnya.

Dody mengungkapkan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah adalah solusi yang memungkinkan untuk memperkuat struktur ekonomi dan pasar keuangan saat ini dan di masa depan.

"Keuangan berbasis syariah dapat berkontribusi dengan mempromosikan gagasan pembagian risiko dan integrasi keuangan komersial dan sosial, yang merupakan salah satu faktor utama dalam memastikan ketahanan ekonomi dan inklusi," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cecep Reza Meninggal, Marshanda Antara Percaya dan Tidak

Posted: 19 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cecep Reza telah pergi untuk selamanya meninggalkan anak dan istri tercinta.

Cecep Reza meninggal saat sedang tidur di rumahnya karena penyakit jantung.

Kabar kepergian Cecep Reza telah sampai ke telinga Marshanda, lawan mainnya di sinetron Bidadari.

Mantan istri Ben Kasyafani itu pun terkejut saat tahu sahabatnya meninggal dunia.

Jaga Silaturahmi

Marshanda dan Cecep Reza. (sumber:Instagram/cecepreza_ dan marshanda99).

"Antara percaya enggak percaya. Aku menulis sesuatu, sih di mobil waktu perjalanan ke sini buat cerita. Pas itu aku lagi ada acara di rumah, dengar kabar tentang Cecep," ucap Marshanda di rumah duka di Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (19/11/2019) malam.

Meski sinetron yang mereka bintangi telah lama berakhir, namun Cecep Reza dan Marshanda masih menjaga silaturahmi dengan baik.

Dikenal Suportif

Marshanda dan Cecep Reza dalam sinetron Bidadari. (sumber:Instagram/marshanda_shanity)

Beberapa pekan sebelumnya, Marshanda dan Cecep Reza masih berkomunikasi.

"Kita WhatsApp-an sebelum syuting vlog. Belum sampai dua minggu, sekitar dua minggu lalu. Dia sering banget (berkomunikasi dengan saya), enggak cuma WhatsApp, tapi mention juga di Instagram. Cecep itu, kan suportif," beri tahu Marshanda.

Sebuah Karya

Cecep Reza (Sumber: Instagram/cecepreza_)

Untuk mengenang kepergian Cecep Reza, Marshanda menciptakan sebuah karya. Salah satunya, tulisan yang akan ia luncurkan tidak lama lagi.

"Aku menulis panjang banget buat Cecep. Memang tulisan itu buat Cecep. Aku enggak tahu dia bisa mendengar apa enggak. Tapi aku bikin surat itu buat dia," Marshanda mengungkapkan.

Kebaikan yang Paling Baik

Cecep Reza bersama keluarga (Sumber: Instagram/cecepreza_)

"Tapi bukan lagu, sih. Enggak tahu. Bentuknya pokoknya suatu karya. Termasuk tulisan yang aku buat itu," ibu satu anak ini menyambung.

Marshanda juga mengajak masyarakat untuk memaafkan kesalahan Cecep Reza semasa hidupnya. Selama ini Marshanda mengenal Cecep sebagai orang yang sangat baik.

"Ayo kita doakan semoga yang Cecep tinggalkan kebaikan. Semoga yang Cecep dapatkan sekarang kebaikan yang paling baik," ia mengakhiri perbincangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Celah Keamanan di Android, Aplikasi Kamera Bisa Diretas

Posted: 19 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan celah keamanan kembali ditemukan di Android. Celah keamanan ini pertama kali dilaporkan oleh Checkmarx beberapa waktu lalu dan menyasar fungsi aplikasi kamera di perangkat Android.

Dikutip dari Business Insider, Rabu (20/11/2019), celah keamanan ini memungkinkan hacker membajak aplikasi kamera dari pengguna Android dengan memanfaatkan aplikasi berbahaya yang sudah dikirimkan.

Melalui cara tersebut, hacker dapat mengakses kamera secara diam-diam dan mengaktifkannya untuk merekam video maupun audio. Setelahnya, konten tersebut dapat diunggah ke luar perangkat Android tanpa sepengetahuan pengguna.

Usai temuan Checkmarx tersebut, Google menyebut pihaknya sudah menggulirkan patch keamanan ke sejumlah manufaktur sebagai solusi masalah tersebut.

Samsung adalah satu perusahaan yang memastikan telah merilis patch itu untuk para pengguna. Hal itu diketahui dari pernyataan juru bicara perusahaan. 

"Masalah ini sudah diatasi dengan memberikan update via Play Store untuk aplikasi Google Camera pada Juli 2019. Patch ini juga sudah tersedia untuk para rekanan," tutur Google.

Kendati demikian, hingga sekarang belum diungkap jumlah pengguna Android yang terdampak dengan celah keamanan ini. Terlepas dari hal itu, Google tetap mengingatkan para pengguna melakukan update.

15 Antivirus Android Ini Ternyata Berbahaya

Android malware (ist.)

Sebelumnya, temuan peneliti keamanan terbaru, sejumlah aplikasi antivirus ternyata menyimpan bahaya tersendiri.

Informasi ini pertama kali diketahui dari peneliti keamanan VPN Pro Jan Youngren lewat blog-nya. Dikutip dari Mirror, Rabu (13/11/2019), Youngren menuturkan ada 15 aplikasi antivirus yang sebenarnya berbahaya bagi perangkat pengguna.

Parahnya lagi, 15 aplikasi tersebut dikenal sangat populer dan diunduh oleh banyak pengguna Android. Menurut Youngren, aplikasi tersebut bermasalah karena terlalu banyak mengakses komponen di perangkat pengguna, tapi sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

"Aplikasi itu membutuhkan izin untuk banyak hal, seperti mengetahui posisi pengguna kapan saja, diberi izin untuk menyalakan kamera, dan bahkan memakai ponsel tanpa sepengetahuan pengguna," tulis Youngren.

Lebih lanjut Youngren menjelaskan seluruh aplikasi ini sebenarnya sudah diketahui memiliki aktivitas yang mencurigakan, tapi aplikasi tersebut nyatanya masih ada di Google Play.

Dengan temuan ini, para peneliti keamanan memperingkatkan pengguna Android untuk mewaspadai aplikasi yang diunduhnya. Selain itu, VPN Pro menyarankan agar pengguna mengunduh aplikasi dari pihak terpercaya dan memastikan izin yang diberikan.

Daftar 15 Antivirus yang Ditengarai Berbahaya

Android 10. Dok: mashable.com

Untuk mengetahui aplikasi antivirus yang dianggap berbahaya, berikut ini daftar lengkapnya:

  • Virus Cleaner
  • Antivirus Free 2019
  • 360 Security
  • Virus Cleaner 2019
  • Super Phone Cleaner
  • 360 Security Lite
  • Super Cleaner
  • Clean Master
  • Super Security
  • Antivirus Free
  • Antivirus Android
  • Antivirus & Virus Cleaner
  • Antivirus Mobile

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal Tol Terpeka, Tol Terpanjang di Indonesia

Posted: 19 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka) menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera pada Jumat (15/11/2019). Tol tersebut memiliki panjang 189 km. Dengan panjang itu, Tol Terpeka akan menjadi tol terpanjang di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendiang Istri Ilija Spasojevic Sangat Peduli dengan Program Ibu Menyusui

Posted: 19 Nov 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Duka tengah menyelimuti Ilija Spasojevic. Striker Bali United tersebut baru saja ditinggal oleh sang istri Lelhy Arief Spaso yang meninggal dunia pada Rabu (20/11/2019) dini hari WIB.

Lelhy dinikahi Ilija Spasojevic pada 2013 silam. Pemain kelahiran Montenegro itu mengenal Lelhy ketika bermain di PSM Makassar.

Wanita yang sudah memberikan Ilija Spasojevic dua anak ini bukanlah sosok wanita sembarangan. Ia pernah tercatat sebagai ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) cabang Sulawesi Selatan periode 2011-2013.

"Air susu ibu mengandung lebih dari 100 nutrisi natural yang terdiri dari sejumlah vitamin, lemak, protein, karbohidrat, DHA yang akan memenuhi kebutuhan bayi Anda secara tepat. Sehingga sangat disarankan untuk menyusui ekslusif pada enam bulan pertama," kata Lelhy dalam sebuah kesempatan di acara AIMI. 

Datang ke Rumah Warga

Keluarga Kecil Ilija Spasojevic. (Instagram Lelhy Spasojevic).

Kepedulian Lelhy terhadap program ibu menyusui dibenarkan pengurus AIMI cabang Sulsel Sari Cita. Bahkan, wanita asli Bugis tersebut yang berinisiatif untuk mendirikan AIMI cabang Sulsel.

"Dia (Lelhy) yang semangat mengajak kita untuk mendirikan AIMI cabang Sulsel," kata Sari Citra kepada Liputan6.com, Rabu (20/11/2019), melalui sambungan telepon.

"Dia sangat peduli dengan program ibu menyusui. Bahkan, dia bersedia datang ke rumah warga untuk memberikan penjelasan tentang pentingnya ibu menyusui," imbuh Sari, yang masih memiliki hubungan saudara dengan Lelhy Arief Spasojevic.

 

Mengundurkan Diri

Setelah menikah dengan Spasojevic, Lelhy tidak lagi menjadi pengurus AIMI. "Dia pamit karena ingin fokus kepada keluarga dan anak-anak," ucapnya.

Hingga akhirnya Lelhy mengembuskan napas terakhirnya di ICU RS Siloam, Bali, Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. Dia tutup usai akibat menderita penyakit infeksi paru-paru.

Saksikan pilihan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Tempat Wisata di Pati dengan Alam Indah dan Penuh Kesejukan

Posted: 19 Nov 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Pati memiliki alam yang beragam. Walaupun jarang terdengar wisata alamnya, ternyata Pati memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang memanjakan mata dan pikiran. Liburan ke Pati bisa menjadi alternatif menyenangkan.

Kabupaten Pati terletak di bagian utara Jawa Tengah dan langsung berbatasan dengan Laut Jawa. Berbagai tempat wisata di Pati bisa kamu kunjungi sebagai pilihan liburan alternatif, seperti menikmati keindahan waduk hingga pantai.

Tempat wisata di Pati terdiri dari alam yang indah alami dan menyejukkan. Kamu bisa bersantai sejenak menikmati indahnya waduk, air terjun, hingga wisata alam lainnya di Pati yang penuh dengan suasana menyegarkan dan menenagkan pikiran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/11/2019) tentang tempat wisata di Pati

Tempat Wisata di Pati: Wisata Waduk

Waduk Seloromo (Sumber: Perpus Jatengprov)

Waduk Gunung Rowo

Tempat wisata di Pati yang pertama adalah Waduk Gunung Rowo. Waduk ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pati yang menyajikan keindahan alam berlatar pegunungan.kamu bisa menikmati kesejukan alam pegunungan di pinggir waduk sambil memancing.

Suasana waduk yang begitu sejuk sangat cocok buat acara santai dan refreshing di akhir pekan. Selain menikmati suasana, kamu juga bisa kulineran di kawasan wisata ini dengan aneka menu ikan bakar yang menggugah selera.

Waduk Seloromo

Masih seputar waduk, tempat wisata di Pati selanjutnya adalah Waduk Seloromo. Berada di kaki Gunung Muria, waduk ini menyajikan pemandangan alam yang menawan dengan latar pegunungan nan eksotis.

Suasana yang sangat sejuk membuat siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini. Keindahan alamnya yang memukau sangat cocok buat objek fotografi atau sekedar berfoto selfie mengabadikan momen liburan di tempat ini.

 

Tempat Wisata di Pati: Wisata Air Terjun

ilustrasi air terjun (Dok. JawaPos.com)

Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan merupakan tempat wisata di Pati yang tak kalah terkenal. Salah satu air terjun terindah di Pati ini berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo berbatasan dengan Kabupaten Grobogan.

Air Terjun setinggi 75 m terlihat indah dengan hiasan pepohonan hijau di sekililingnya. Sangat disayangkan bila kamu tidak mengunjunginya bila sedang liburan di Pati.

Tidak seperti namanya, debit air terjun ini ternyata tidak tergantung dengan curah hujan yang turun, bahkan di musim kemarau pun aliran airnya tetap deras. Tidak heran jika sumber air alami ini dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan air bersih bagi warga sekitar.

Lingkungan alam yang masih asri ditambah dengan suara gemericik air membuat suasana semakin teduh dan sejuk, sangat cocok buat menenangkan pikiran.

Air Terjun Lorodan Semar

Air terjun sebagai tempat wisata di Pati selanjutnya adalah Air Tejrun Lorodan Semar. Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun debit airnya cukup deras dan terlihat eksotis karena diapit oleh bukit kapur di kanan kirinya.

Aliran airnya jernih dan segar dengan suasana alam yang begitu asri di sekitarnya. Kamu bisa sejenak menikmati suasana sembari bermain air atau berburu spot foto untuk diabadikan. Lokasinya ada di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Tempat Wisata di Pati: Perkemahan dan Agrowisata

ilustrasi Perkemahan. (dok. Kemah Keluarga Indonesia)

Bumi Perkemahan Regaloh 

Jika kamu ingin mencari tempat wisata di Pati yang berbeda, kamu bisa mengunjungi Bumi Perkemahan Regaloh. Di tempat ini kamu akan melihat banyak pepohonan rimbun yang seolah-olah membawa hawa angin sejuk di tempat tersebut.

Destinasi wisata yang dikelola oleh perum perhutani ini ternyata sangat seru untuk dijadikan tempat camping. Pengelola tempat ini pun memang memperbolehkan setiap pengunjungnya untuk berkemah di kawasan Regaloh yang indah dan asri.

Wisata Jolong

Selanjutnya, ada juga Wisata Jolong sebagai salah satu tempat wisata di Pati. Banyak sekali kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Wisata Jolong ini, seperti berkunjung ke kebun kopi, dan menikmati fasilitas menarik lainnya.

Kamu bisa menikmati indahnya taman bunga, wisata Air Terjun Grenjengan, rumah pohon dan taman keluarga. Selain itu juga ada fasilitas outbound, flying fox, terapi ikan, rumah balon, dll yang akan membuat momen liburanmu semakin menyenagkan.

Tempat Wisata di Pati Lainnya

Goa Pancur (Sumber: Humas Jatengprov)

Pantai Banyutowo

Tempat wisata di Pati yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa tentunya juga memiliki pantai. Salah satu wisata pantai di Pati adalah Pantai Banyutowo. Pantai ini berlokasi di desa Banyutowo, Tayu, Pati. Banyutowo merupakan daerah perbatasan Pati dan Jepara.

Pantai Banyutowo dulunya hanya dijadikan sebagai tempat untuk berlabuh kapal-kapal nelayan milik warga setempat, namun ternyata banyak wisatawan memilih Pantai Banyutowo untuk berlibur di akhir pekan. Tak heran jika Pantai Banyutowo saat ini menjadi ikon wisata di Pati, Jawa Tengah.

Goa Pancur

Tempat wisata di Pati juga ada yang berupa goa, yaitu Goa Pancur. Goa alam yang terlihat indah dengan pemandangan staglagmit dan staglatitnya ini berada di Desa Jimbaran, Kayen, Pati. Jika tertarik menuju goa ini, ada baiknya kamu mengajak guide setempat. Karena terdapat aliran sungai setinggi pinggang orang dewasa di dalamnya.

Kamu bisa menjelajahi keindahan alam di sekitar goa yang asri dan teduh, terutama air mancur di depan goa yang begitu ikonik. Selain itu ada juga taman bermain dan beberapa wahana permainan, serta spot selfie untuk foto-foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Kepala Daerah, DPR Dukung Pembentukan Papua Tengah Lewat UU Otsus

Posted: 19 Nov 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi II DPR menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan beberapa kepala daerah di Papua di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11). Dalam RDPU itu mereka membahasan usulan pembentukan Provinsi Papua Tengah.

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan memang idealnya Papua memiliki tujuh provinsi. Namun saat ini baru ada dua provinsi saja.

"Bahwa idealnya tanah Papua ini terdiri dari minimal tujuh provinsi karena berasal dari tujuh suku besar. Kita baru punya dua sekarang dan saya kira kalau kita melihat dinamika yang terjadi hingga saat ini," kata Doli dalam RDPU.

Dia menilai memang tidak ada cara lain untuk mengatasi masalah di Papua selain pemekaran. Maka dari itu, lanjut Doli, Komisi II akan mencari cara agar bisa memekarkan Papua meskipun masih ada moratorium pemekaran.

"Tapi ada satu pemikiran, ada satu cara yang mungkin ini bisa dikaji, ini juga pernah kita sampaikan pada mendagri supaya memang penyelesaian Papua ini berbeda, kita buat secara khusus dengan pemekaran-pemekaran di daerah lain," ungkapnya.

"Mungkin kita bisa masuk kepada kajian atau penyempurnaan UU Otsus. Itulah kenapa makanya juga didalam rapat kami, rapat internal dan juga telah kita sampailan ke prolegnas, salah satu prioritas dalam revisi UU Komisi II itu dimasukkanlah revisi UU Otsus Papua," sambungnya.

Politikus Partai Golkar ini meminta setelah RDPU tidak ada lagi masalah di Papua. Pasalnya, pemerintah pusat sudah meluangkan dan memprioritaskan semua masalah di Papua.

"Jadi intinya adalah saya sebagai pimpinan Komisi II bahwa kami punya komitmen kuat untuk menjaga NKRI dan kami punya rasa yang sama dengan bapak-bapak di Papua dan untuk itu, kepentingan, kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan di Papua juga menjadi komitmen kami," ucapnya.

 

Sudah Lama Berjuang

Di tempat yang sama, Bupati Nabire, Isaias Douw, mengatakan pihaknya sudah lama berjuang untuk membuat provinsi Papua Tengah. Maka dari itu, dia ingin bertemu dengan Komisi II DPR.

"Papua Tengah itu sudah lama berjuang, pertama waktu Irian Jaya Barat lima kabupaten sekarang tujuh kabupaten, jadi dari perjuangan sekian lama hari ini oleh DPR RI Komisi II intinya sudah setuju untuk pemekarang Papua Tengah," ujar Isaias.

Kemudian, Bupati Puncak, Willem Wandik mengatakan pihaknya sedang melakukan kajian soal Papua Tengah dengan Universitas Gajah Mada. Kajian itu akan segera diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri pada Desember mendatang.

"Hasil kajian kita tunggu, nanti kita akan menyampaikan kepada yang bersangkutan Menteri Dalam Negeri," tandasnya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edric Tjandra Resmi Jadi Ayah

Posted: 19 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagian tengah menyelimuti Edric Tjandra. Ia kini resmi menyandang status sebagai seorang ayah. Istri Edric Tjandra, Venny Chandra, melahirkan anak pertamanya pada Rabu (19/11/2019).

Momen bahagia tersebut dibagikan Edric Tjandra sambil mengunggah foto hitam putih saat dirinya menggendong dan mencium kening sang buah hati.

Melalui Instagram Storynya, Edric Tjandra juga memberitahukan kalau putrinya lahir dengan berat 2,705kg dan panjang 48cm. Ia pun memberi nama anak pertamanya, Abigail Tjandra.

"Im officially a father. Thanks Lord Jesus," tulis Edric Tjandra.

Ucapan Selebritis

[Foto: Instagram ]

Ucapan selamat atas kelahiran anak pertamanya dengan Venny langsung membanjiri Instagram Edric Tjandra. Tak hanya dari warganet, para selebritis juga berbondong-bondong memberikan ucapan selamat atas kelahiran anak pertama pasangan yang menikah 18 Januari 2019.

"Koko selamat sayang," tulis Ivan Gunawan.

"Alhamdulillah.... Congratulations 💙," tulis Yuni Shara.

"selamat koko 🙏🙏🙏🙏," tulis Cita Citata.

"Kokoh selamat yaaa 😘😘😘," tulis Ruben Onsu.

Perhatian Warganet

Pesona istri Edric Tjandra, Venny Chandra, saat pamer baby bump. (Sumber: Instagram/@edrictjandra)

Warganet tak mau ketinggalan memberikan selamat atas kelahiran anak pertama Edric Tjandar dengan Venny.

"Kokoooohhh @edrictjandra dan cici Selamaat yaahh :")🤗❤❤❤," tulis akun @dyantird.

"Selamat kak @edrictjandra dan istri.. Tuhan Yesus memberkati babynya dan kel. Kk," tulis akun @dhelsimonas17.

Dibalas Edric Tjandra

Pesona istri Edric Tjandra, Venny Chandra, saat pamer baby bump. (Sumber: Instagram/@edrictjandra)

Edric Tjandra mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas ucapan selamat yang ia terima. Ia juga menuliskan kebahagiannya saat ini dirinya telah menjadi seorang ayah

"Makasih semua ucapannya , aku bahagia sekali merasakan menjadi ayah.. makasih buat doanya semua," tulis Edric Tjandra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

347 Perda Hambat Investasi, Paling Banyak Soal Pajak

Posted: 19 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) mencatat sebanyak 347 peraturan daerah (perda) bermasalah menghambat investasi masuk ke Indonesia. Dari jumlah tersebut, perda bermasalah paling banyak pada aspek pajak dan retribusi.

"Hingga hari ini, KPPOD berhasil mengumpulkan 347 perda bermasalah dari jumlah 1.109 perda yang telah dikaji," ujar Direktur Eksekutif KPPOD Robert Endi Jaweng di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Rabu (20/11).

KPPOD melakukan studi lapangan di enam daerah yaitu DKI Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Kulonprogo, Sidoarjo, untuk menemukan akar permasalahan regulasi bermasalah.

Ruang lingkup studi meliputi peraturan daerah terkait ekonomi dan investasi kegiatan berusaha antara lain, Perda Pajak dan Retribusi, Perizinan, Ketenagakerjaan, dan Perda kegiatan berusaha lainnya.

Studi tersebut menemukan perda bermasalah khusus investasi dan kegiatan berusaha ditenggarai beberapa hal. Pertama, proses pembentukan perda minim partisipasi publik.

 

Menjadikan Biaya Produksi Meningkat

Aktivitas pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Lontar unit 4 di Balaraja, Banten, Jumat (29/3/2019). Jika selesai, PLTU di atas tanah seluas 11 hektare persegi ini bisa memperkuat kapasitas listrik Jawa-Bali dan menghemat pengeluaran PLN. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kedua, dari segi muatan regulasi, ditemui permasalahan pada aspek yuridis, subtansi dan prinsip yang menimbulkan biaya produksi/biaya keamanan meningkat, sehingga perusahaan pindah ke daerah lain.

"Ketiga, penanganan perda oleh Kemendagri belum optimal mengingat tidak adanya tools yang ditetapkan Pemerintah Pusat untuk menyusun Perda. Disisi lain, kurang harmonisnya lingkungan kebijakan atau konflik kepentingan legislatif dengan eksekutif seringkali membuat rumusan Perda tidak komprehensif dan tidak menyasar kepada kebutuhan masyarakat di daerah," jelas Robert.

Robert melanjutkan, terdapat peraturan saling bertentangan di level pusat baik antara undang-undang dan regulasi turunannya maupun antar regulasi sektoral. Sedangkan di level daerah sendiri, perda sering kontradiktif dengan regulasi pemerintah pusat. Kondisi ini berdampak negatif bagi investasi dan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kesalahpahaman pemda dalam menafsirkan regulasi nasional masih sering terjadi akibat belum optimalnya pemahaman pemda akan perubahan di tingkat nasional. Kondisi ini membuat maraknya perda yang inkonsistensi dengan peraturan nasionaI," jelasnya.

 

Rekomendasi KPPOD

Proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung (Sukoharjo) di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. (Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR)

Menangkap permasalahan tersebut, KPPOD memberikan beberapa rekomendasi. Pertama, pemerintah pusat perlu melakukan langkah konkrit seperti penyelesaian berbagai pengaturan sebuah kebijakan tertentu, tercantum dalam dalam berbagai undang-undang, ke dalam satu undang-undang payung melalui Omnibus Law.

Kedua, membuat One in One Out Policy dengan membuat kebijakan terkait pencabutan regulasi disaat bersama juga menerbitkan regulasi. Ketiga melakukan pembentukan Badan Regulasi Nasional di mana secara struktur langsung di bawah presiden serta wewenang pembentukan peraturan di bawah satu atap. Keempat, pemerintah harus melembagakan penggunaan tools analisis regulasi (RIA) dalam penyusunan dan evaluasi regulasi.

"Pada level pemerintah daerah, tidak kalah penting adalah harus melakukan perbaikan ekosistem kerja dan komitmen politik para pembentuk perda yaitu kepala daerah dan DPRD. Kedua rekrutmen dan peningkatan kapasitas SDM aparatur berdasarkan sistem merit. Kemudian, menggunakan analisis, evaluasi dalam penyusunan perda," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Wonderkid Persebaya Brylian Aldama di Luar Lapangan, Layaknya Model

Posted: 19 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Brylian Negietha Dwiki Aldama, gelandang milik Persebaya Surabaya ini menjadi andalan tim nasional Indonesia di bawah usia 19 tahun. Brylian selalu menjadi pilihan utama bagi pelatih tim nasional, Fakhri Husaini. Coach Fakhri sangat percaya dengan talenta pemain kelahiran Surabaya, 23 Februari 2002 tersebut.

Terbaru, Brylian bersama timnas U-19 berhasil membawa lolos Garuda Nusantara ke Piala Asia U-19 2020. Brylian tampil cemerlang di lini tengah timnas U-19 berduet dengan David Maulana. Di klub Persebaya, Brylian juga menjadi motor tim junior Bajul Ijo.

Penampilannya yang konsisten membuat Brylian selalu penting baik di klub maupun timnas. Hal tersebut membuat Brylian memiliki jadwal padat di setiap musimnya. Meski begitu, pemain berusia 17 tahun ini tetap menunjukan keeksistensiannya sebagai remaja yang hits.

Pemilik brand fashion Brys.co ini selalu tampil trendi di kala tidak bertanding. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @brylianaldamaa, gaya Brylian di luar lapangan, Rabu (20/11/2019).

1. Brylian termasuk pria yang gemar otomotif. Beberapa momen, gelandang Persebaya ini kerap berfoto bersama kendaraannya.

6 Gaya Wonderkid Persebaya Brylian Aldama di Luar Lapangan, Layaknya Model (sumber: Instagram.com/brylianaldamaa)

2. Di usia 17 tahun, Brylian sudah membuat brand fashion bernama Brys.co.

6 Gaya Wonderkid Persebaya Brylian Aldama di Luar Lapangan, Layaknya Model (sumber: Instagram.com/brylianaldamaa)

3. Ia pun bergaya layaknya model saat memasarkan brand kepemilikannya tersebut.

6 Gaya Wonderkid Persebaya Brylian Aldama di Luar Lapangan, Layaknya Model (sumber: Instagram.com/brylianaldamaa)

4. Pemilik nomor punggung 18 di timnas u-19 ini juga bergaya kece saat berfoto candid seperti ini.

6 Gaya Wonderkid Persebaya Brylian Aldama di Luar Lapangan, Layaknya Model (sumber: Instagram.com/brylianaldamaa)

5. Bahkan, wonderkid Persebaya Surabaya ini tak mau kalah hits dengan ikut mirror selfie.

6 Gaya Wonderkid Persebaya Brylian Aldama di Luar Lapangan, Layaknya Model (sumber: Instagram.com/brylianaldamaa)

6. Sebagai gelandang masa depan Timnas dan Persebaya, Brylian diharapkan terus berprestasi hingga ke jenjang senior. Semangat terus, Brylian!

6 Gaya Wonderkid Persebaya Brylian Aldama di Luar Lapangan, Layaknya Model (sumber: Instagram.com/brylianaldamaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Sesuai Ekspektasi, 7 Potret Pesanan Makanan Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 19 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat kondisi lapar, memesan makanan melalui aplikasi online menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Meskipun, kamu bisa mendatangi langsung sebuah rumah makan, akan tetapi melalui aplikasi online dianggap cukup praktis.

Namun, tak semua makanan yang kamu dapat melalui aplikasi pemesanan makanan datang sesuai dengan ekspektasi. Ada kalanya, makanan yang dipesan justru memiliki bentuk yang cukup aneh bahkan tak terbayangkan sebelumnya.

Mulai dari porsinya yang tak sesuai hingga bentuk penampkanan makanan yang tak menggugah selera. Meski terlihat menyedihkan, terkadang melihat bentuk penampakan makanan tersebut justru bisa membuat kamu tersenyum sendiri karena realita yang ada.

Seperti yang rangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/11/2019) berikut ini beberapa potret penampakan makanan yang tak sesuai ekspektasi, bisa bikin kamu geleng kepala.

1. Pesannya sih es lemon, tapi yang datang benaran cuma es batu ditambah perasan lemon dan perasa pedah ini.

Penampakan makanan (Sumber: Twitter/rosieyanna)

2. Duh ini sedih banget cuma dapat bakso dua potong nih.

Penampakan makanan (Sumber: Instagram/ _sadfood)

3. Ada yang pernah mengalami hal serupa? Pesan martabak telur tapi bawahnya gosong begini.

Penampakan makanan (Sumber: Instagram/ _sadfood)

4. Penampakan cumi gorengnya bikin nyesek nih.

Penampakan makanan (Sumber: Instagram/ _sadfood)

5. Niatnya beli nasi ayam yakiniku mayo, tapi kalau lihat penampakan makanannya kaya gini bikin geleng kepala.

Penampakan makanan (Sumber: Instagram/ _sadfood)

6. Duh itu paha dan kaki ayamnya jenjang banget ya.

Penampakan makanan (Sumber: Instagram/ _sadfood)

7. Namanya sih cilor rasa rumput laut, tapi kalau bentukannya kaya gini bikin ragu-ragu deh.

Penampakan makanan (Sumber: Instagram/ _sadfood)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Membersihkan Lampu Mobil

Posted: 19 Nov 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lampu mobil menjadi salah satu komponen yang penting bagi pengemudi. Terlebih, ketika berkendara di malam hari, tanpa lampu penerangan pastinya akan berbahaya sekali, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Pasti bukan hal yang menyenangkan jika kaca lampu mobil buram. Selain membuat tampilan mobil tidak keren, bisa juga akan berpengaruh terhadap faktor keselamatan berkendara.

Pada kesempatan kali ini BidBoxID coba membagikan tips mudah membersihkan lampu mobil yang buram dengan menggunakan barang-barang yang bisa ditemukan di rumah.

Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel BidBoxID hanya di Vidio.

saksikan videonya di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap Pertandingan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019

Posted: 19 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22  siap tempur di ajan SEA Games 2019 di Filipina, akhir November mendatang. Tim Merah Putih berada di Grup B dan harus menghadapi tantangan berat di babak penyisihan ini.

Pasalnya, di Grup ini ada juara bertahan Thailand, tim yang sedang naik daun Vietnam dan Singapura, serta dua kuda hitam, Laos dan Brunei Darussalam.

Tak hanya itu, dengan jumlah tim lebih banyak ketimbang Grup A yang hanya diisi lima tim saja, Grup B akan memainkan pertandingan dengan jadwal lebih padat. 

Lima pertandingan penyisihan Grup B, akan dimainkan di tiga venue, yakni City of Imus Grandstand, Stadion Rizal Memorial, dan Stadion Binan. Seluruh venue menggunakan rumput artifisial sehingga perlu antisipasi dari seluruh kontestan mengingat rata-rata tim lebih fasih bermain di lapangan berumput asli. Timnas Indonesia U-22 akan bermain dua hari sekali. 

Juara dan runner-up setiap grup berhak lolos ke semifinal yang dimainkan pada 7 Desember dan final digelar pada 10 Desember 2019. Partai semifinal dan final seluruhnya dimainkan di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Berikut jadwal lengkap Timnas Indonesia U-22 di penyisihan Grup B SEA Games 2019.

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games

26 November 2019

Jam 15.00 WIB: Thailand vs Timnas Indonesia U-22 (City of Imus Grandstand)

Jam 15.00 WIB: Vietnam vs Brunei Darussalam (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Laos vs Singapura (Stadion Rizal Memorial)

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games

28 November 2019

Jam 15.00 WIB: Vietnam vs Laos (Stadion Binan)

Jam 15.00 WIB: Brunei Darussalam vs Thailand (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Singapura (Stadion Rizal Memorial)

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games

1 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Thailand vs Singapura (Stadion Binan)

Jam 15.00 WIB: Laos vs Brunei Darussalam (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia U-22 (Stadion Rizal Memorial)

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Egy Maulana Vikri, berusaha mencetak gol ke gawang Timnas Iran U-23  pada laga uji coba internasional di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (16/11). Indonesia menang 2-1 atas Iran. (Bola.com/Yoppy Renato)

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games

3 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam (Stadion Binan)

Jam 15.00 WIB: Laos vs Thailand (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Singapura vs Vietnam (Stadion Rizal Memorial)

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games

5 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Brunei Darussalam vs Singapura (City of Imus Grandstand)

Jam 15.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Laos (Stadion Rizal Memorial)

Jam 15.00 WIB: Vietnam vs Thailand (Stadion Binan)

Saksikan Video Timnas Indonesia U-22 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Pesohor Dunia yang Kunjungi Pulau Komodo

Posted: 19 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Tanah Air. Selain tersohor di Indonesia, nama Pulau Komodo terkenal di dunia.

Sejumlah pesohor dunia bahkan pernah menjejakkan kaki di pulau yang termasuk berada di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Selain menikmati panorama alam, mereka juga melihat komodo yang hidup dan berkembang dengan baik di pulau ini. Pulau Komodo termasuk dalam Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Pulau ini menjadi Warisan Alam UNESCO karena menjadi habitat asli komodo. Lantas, siapa saja pesohor dunia yang pernah berkunjung ke Pulau Komodo?

 

Honey Lee

Honey Lee (Sumber: Instagram/honey_lee32)

Mantan Miss Korea 2006 termasuk pesohor terbaru yang berkunjung di Pulau Komodo. Keindahan alam yang menjadi alasan mengapa ia mengunjungi Pulau Komodo pada akhir Juli 2019.

Dalam foto yang Honey bagikan, ia tampak berfoto di atas kapal dengan pakaian kasualnya. Setelah berkunjung ke Labuan Bajo, ia melanjutkan liburannya ke Pulau Komodo dan juga Gunung Sangeang.

Valentino Rossi

Pebalap MotoGP dari tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menyambangi lokasi wisata Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, Selasa (24/1/2017). (Bola.com/Instagram/ws_46)

Pesohor dunia yang juga mengunjungi Pulau Komodo adalah Valentino Rossi. Di sana ia asyik menikmati Pantai Pink hingga trekking melihat Komodo pada Januari 2017 lalu.

Rossi mengunjungi Pulau Komodo untuk liburan di tengah aktivitasnya yang padat. Setiba di sana, ia sangat menikmati liburannya di Pulau Komodo.

Gwyneth Paltrow

Gwyneth Paltrow saat menginjakkan kaki di Pulau Komodo (YouTube)

Selain mereka, Gwyneth Paltrow pernah liburan ke Pulau Komodo pada awal Juli 2013 lalu. Ia mengagumi keindahan ala pulau tersebut.  "Impianku selama ini terwujud karena berlibur di Indonesia untuk pertama kali," ujar Gwyneth saat itu.

Mantan istri vokalis Coldpay Chris Martin ini juga menggunggah foto-foto liburannya ke website pribadinya di goop.com saat itu. Dalam gambar yang dibagikan, Gwyneth terlihat menaiki kapal Silolona Sojourns, kapal mewah dan mahal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Pengakuan Korban Teror Pelemparan Sperma

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polresta Tasikmalaya Jawa Barat didatangi sejumlah perempuan yang mengaku sebagai korban teror pelemparan sperma. Salah satu korban menceritakan kronologi aksi kejahatan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejutan Potong Rambut Gratis Ratusan Siswa SD di Garut Saat Hari Anak Sedunia

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Sekitar 250 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Bayongbong, Garut, Jawa Barat, mendapatkan kejutan istimewa. Mereka mendapatkan potong rambut gratis saat pelaksanaan Hari Anak Sedunia yang jatuh tepat hari ini.

"Senang sekali apalagi gratis," ujar Ridwan, salah seorang peserta cukur gratis, sambil tersenyum, Rabu (20/11/2019).

Menggunakan pelataran sekolah sebagai lokasi cukur gratis, siswa pelajar kelas V tersebut tampak semringah. Apalagi kegiatan tersebut, baru pertama kali digelar pihak sekolah.

"Enak, cukurnya juga gratis, apalagi dicukurnya ramai bersama teman-teman," kata dia bangga.

Tidak hanya gratis, model rambut pun bisa diminta sesuai permintaan siswa, sehingga hasil potongan rambut pun, tampak berbeda di beberapa siswa.

"Apalagi pakai pomed (minyak rambut), jadi bagus juga hasil potongan rambutnya," ungkap dia.

Hal senada disampaikan Asep, peserta cukur gratis Hari Anak Sedunia. Siswa kelas IV ini berharap agar kegiatan cukur gratis bisa digelar setiap bulan. "Kan uang buat cukur dari orangtua bisa buat jajan," ujar dia sambil tersenyum bahagia.

Bagi Asep dan rekan sejawatnya, pelaksanaan cukur gratis yang dilakukan Abah Atrox Barbershop, jelas memberikan kesan tersendiri bagi mereka.

"Tukang cukurnya juga baik-baik, jadi kami semua senang, hatur nuhun (terima kasih)," ujar dia sambil diselingi canda tawa teman-teman lainnya.

Rijal Fadilah alias Abah Atrox mengatakan, dalam pelaksanaan cukur gratis bagi siswa didik, ia sengaja membawa 20 siswa calon tukang cukur profesional ke lokasi kegiatan.

"Bagi kami memiliki keuntungan berganda, selain meningkatkan skill siswa calon potong rambut dari kami, juga ada misi sosialnya," kata dia.

Dia berharap, selain kegiatan pada Hari Anak Sedunia kali ini, kegiatan serupa bisa menjadi agenda rutin pihak sekolah.

"Buat kami senang saja, asalkan membutuhkan bisa kontak kami, kami siap membantu," kata dia.

 

 

Respon Sekolah

Para siswa SDN 1 Bayongbong, Garut nampak asik saat pelaksanaan cukur rambut gratis saat Hari Anak Sedunia (Liputan6.com/Jayadi Supriadian)

Nia Siti Julaeha, Kepala Sekolah SDN 1 Bayongbong, mengaku bangga menjadi bagian dari perayaan Hari Anak Sedunia, meskipun dengan kegiatan mencukur rambut gratis, tetapi manfaatnya besar sekali.

"Selaku kepala sekolah, saya sangat berterima kasih sekali," ujar dia.

Menurutnya, pelaksanaan cukur gratis buat siswa, mampu menjawab kebutuhan pihak sekolah dalam membentuk siswa yang rapi dalam berpenampilan.

"Kegiatannya juga gratis, sekaligus menjawab penolakan adanya razia dari orangtua siswa," kata dia.

Rijal menambahkan, bagi seluruh siswa didik Abah Atrox Barbershop, kegiatan mencukur gratis di lapangan, hukumnya wajib dalam meningkatkan skill calon potong rambut andal yang ia hasilkan.

"Dengan turun langsung mencukur di lapangan, mereka bisa mengetahui dan belajar mengenai calon konsumen," kata dia.

Sejak pertama kali dibuka lima tahun lalu, praktik lapangan bagi seluruh siswa Abah Atrox tidak bisa ditawar lagi, sebagai bagian pelajaran yang harus ditempuh.

"Jadi 30 persennya pemahaman materi di dalam ruangan, 70 persennya wajib di lapangan mempraktikkan," kata dia.

Sekolah Cukur Garut

Para siswa SDN 1 Bayongbong, Garut nampak asik saat pelaksanaan cukur rambut gratis saat Hari Anak Sedunia (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dalam sejarah tukang pangkas rambut di Indonesia, nama Garut selalu identik dengan profesi jasa tersebut. Sejak lama, Kecamatan Banyuresmi di Kabupaten Garut, dikenal sebagai Kawah Candradimuka, para ahli pangkas rambut.

Potongan rambut rapi dengan pelayan sopan, plus pijat refleksi memang menjadi ciri khas para pemotong rambut atau tukang cukur dari Kota Dodol ini, tak terkecuali bagi anak-anak dalam perayaan Hari Anak Sedunia kali ini.

Dengan keahlian autodidak alias belajar sendiri, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, secara alami seolah punya gen untuk mewarisi keahlian menata mahkota kepala tersebut.

Ragam kalangan pun telah merasakan pelayanan tukang cukur andal asal Garut tersebut, sebut saja artis, pengusaha, hingga penguasa pernah merasakan sensasi bercukur dengan tukang pangkas asal Garut.

Bahkan sejak lama, konon para presiden Indonesia sejak era Sukarno hingga Jokowi saat ini, dengan bangga memiliki tukang cukur khusus dari Garut.

Dengan keahlian itu, masyarakat luar pun tak segan belajar menimba ilmu potong rambut. Saat ini, para siswa didiknya baik yang berasal dari pulau Jawa maupun dari luar pulau, tersebar dan mengakui salah satu keahlian menata rambut tersebut.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Sosialita, Pesta Ini Bakal Digelar di Jatim

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pagelaran bagi kaum sosialita "Teatler Ball Maquerade Party 2019" akan digelar di Jawa Timur, dengan menghadirkan Konsulat Jenderal Negara Sahabat, High-Net-Worth Individual, pemimpin organisasi dan bisnis terkemuka serta tamu VVIP lainnya pada Sabtu, 23 November 2019 di Rumah Kolonial Kaliandra Eco-Resort, Prigen, Pasuruan.

Custom Publishing & Production Director PT Mobiliari Stephindo, Paulina Nani, mengatakan, Surabaya atau wilayah Jawa Timur merupakan daerah pertama menggelar pesta tersebut di luar Jakarta. Sebab, selama 18 kali penyelenggaraan terus dilakukan di Jakarta.

"Kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia dipastikan banyak sosialita dengan berbagai gaya dan pesonanya yang selama ini belum banyak terekspos. Kenyataan inilah yang mendasari kami berani menggelar di sini," kata Paulina, dilansir dari Antara, Selasa, 19 November 2019.

Ia mengatakan, dirinya juga akan meluncurkan majalah Indonesia Tatler edisi Surabaya yang secara khusus menggarap kaum sosialita Surabaya dan sekitarnya. Dia optimistis hal ini mampu menjadi salah satu rujukan gaya hidup sosialita di wilayah itu.

"Kami optimistis bahwasanya majalah Indonesia Tatler edisi Surabaya bisa diterima masyarakat Surabaya dan sekitarnya, karena adanya potensi pasar yang besar. Sebab, Surabaya memiliki banyak sosialita yang selama ini belum banyak terekspos di media secara khusus," tutur dia.

 

Mengenal Teatle Ball Maquerade Party 2019

Tampil cantik ala sosialita bisa terwujud dengan koleksi busana yang terjangkau (Foto: Fimela.com)

Terkait acara Teatle Ball Maquerade Party 2019, kata Paulina, merupakan acara rutin tahunan yang telah berlangsung sejak 2001, dan selalu menjadi rujukan para high society di Indonesia.

"Sebab, event ini dihadiri para HighNet-Worth Individual, konsulat jenderal negara sahabat, pemimpin organisasi sosial dan bisnis terkemuka, serta tamu-tamu VVIP lainnya, juga dikenal menghadirkan tema unik yang kali ini mengusung 'Masquerade Party'," tuturnya.

Kegiatan itu bukan hanya pesta, tetapi juga memiliki misi sosial dan semangat untuk peduli pengembangan budaya dan pelestarian lingkungan.

"Sehingga, untuk kali ini kami gelar di Rumah Kolonial, Kaliandra Eco-Raort, karena lokasinya unik dan sajian makanannya seluruhnya dari organik dengan konsep menu masakan lokal," katanya.

Manajer Program Yayasan Kaliandra Sejati, Sarifudin Lathif, mengatakan para tamu akan menikmati sensasi hidangan olahan chef berkelas dan bahan baku hidangannya bersumber langsung dari pertanian organik yang dikelola secara mandiri oleh Yayasan Kaliandra Sejati.

"Satu kebanggaan dipilihnya Rumah Kolonial Kaliandra sebagai tempat acara Tatler Ball. Selain menyediakan resort yang bisa disewa tamu, Kaliandra juga mengembangkan tanaman organik, di mana ada 84 petani yang bergabung dengan produksi aneka sayur organik," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Hacker, Begini Cara Aktifkan Fitur Two-Factor Authentication di Google

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kamu pasti sering kali mendengar kasus peretasan berbagai akun media sosial atau email, yang terjadi beberapa tahun belakangan ini.

Karena hal tersebut, banyak informasi dan data pengguna dicuri oleh penjahat siber. Tak hanya itu, peretas pun tidak segan-segan menjual data tersebut kepada pihak yang menginginkan.

Walau mengubah password email dan akun media sosial dapat membantu, nyatanya hal tersebut hanya solusi sementara.

Atau setidaknya hingga akun media sosial atau email kamu diretas hacker, dan kamu pun terpaksa mengubahnya.

Namun, untungnya banyak perusahaan teknologi internet mulai memperkenalkan fitur otentikasi dua faktor (Two-Factor Authentication, 2FA) ke layanannya.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menambah lapisan keamanan ke akun digital mereka.

Salah satu layanan internet yang memperkenalkan fitur 2FA tersebut adalah Google.

 

Aktifkan 2FA di Google

Dikenal sebagai salah satu layanan paling banyak digunakan oleh warganet di berbagai negara, fitur ini harus secara manual diaktifkan.

Nah, penasaran bagaimana caranya? Dikutip dari Ubergizmo, Rabu (20/11/2019), berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur 2FA di akun Google kamu.

1. Buka laman akun Google kamu dengan mengaksesnya lewat link berikut ini https://myaccount.google.com/

2. Klik tombol Security di menu navigasi bagian kiri layar

Cari Tombol 2FA

3. Gulir ke bawah untuk menemukan tombol Signing in to Google, dan lanjutkan klik 2-Step Verification

 

Selanjutnya

Ilustrasi Google (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

4. Kamu mungkin akan diminta untuk login kembali ke akun Google.

5. Klik tombol Get Started, dan lanjut Try It Now. Kamu hanya perlu ikuti instruksi yang muncul di layar.

Gimana, mudah bukan? Selamat mencoba ya sobat Tekno Liputan6.com.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meningkatkan PD Anak-Anak dengan Vitiligo, Pria Ini Buat Boneka Rajut Unik

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari orang Brasil yang menderita vitiligo. Penyakit ini ditandai dengan hilangnya warna kulit di area tubuh tertentu. Meski ada banyak perawatan untuk mengatasi kondisi ini, aspek yang paling sulit untuk diatasi adalah prasangka orang lain terhadap mereka yang menderita itu.

Seorang pria bernama Joao Stanganelli memutuskan untuk menggunakan kemampuannya merenda untuk meningkatkan kepercayaan diri serta membuat anak-anak dengan vitiligo bahagia. Joao yang kini berusia 64 tahun, mulai mengalami vitiligo saat berusia 38 tahun. Ia bekerja di industri gastronomi, tapi karena masalah jantung, hidupnya berubah tahun lalu.

Namun, Joao tak membiarkan hal tersebut menghambat dirinya. Ia memutuskan untuk mencari hobi yang membuat pikirannya tetap sehat, aktif, dan bahagia. Bersama sang istri, Marilena, ia memutuskan untuk belajar merajut.

 

Selanjutnya

Doc: Instagram.com/joaostanganelli

Melansir dari Brightside, ia mengaku itu bukanlah sesuatu yang mudah. Pria itu bahkan nyaris menyerah tapi memutuskan untuk bertahan. Setelah 5 hari, ia pun berhasil merajut boneka pertamanya.

Menurut Joao, awalnya ia ingin membuat boneka untuk cucunya. Ia ingin menghadiahkan sang cucu sesuatu yang spesial yang akan membuat sang cucu selalu mengingat Joao.

 

 

Selanjutnya

Doc: Instagram.com/joaostanganelli

Pria itu lalu memutuskan untuk merajut sebuah boneka dengan vitiligo. Setelah sukses merajut boneka vitiligo pertama, ia memutuskan untuk membuat boneka-boneka rajut unik lainnya.

Berikutnya, ia membuat boneka yang mengenakan kursi roda. Boneka tersebut membuat Joao makin dicintai banyak orang karena kepeduliannya terhadap yang cacat fisik.

 

 

Selanjutnya

Doc: Instagram.com/joaostanganelli

Kepopulerannya makin meningkat. Dengan semakin banyak orang yang menghargai karya seninya, ini memotivasi pria itu untuk mengembangkan kemampuannya tiap hari. Joao bahkan merilis sebuah buku cerita anak yang mengisahkan petualangan seorang anak perempuan dengan vitiligo. Bukunya tersebut laris di pasaran.

Bagi Joao, tujuan utamanya adalah meningkatkan rasa percaya diri anak-anak yang lahir dengan kondisi kulit yang berbeda. Ia ingin mereka yang memiliki kondisi kulit yang sama dengannya lebih mencintai diri mereka. Seperti yang ia sampaikan dalam sebuah wawancara,

"Bintik-bintik di kulitku ini cantik. Yang menyakitiku justru karakter orang-orang yang tidak menghargaiku," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Minta Kementan Segera Sosialisasikan Asuransi Usaha Pertanian

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi Partai Golkar, Budhy Setiawan, meminta Kementerian Pertanian untuk segera melaksanakan sosialisasi secara menyeluruh terkait dengan Asuransi Usaha Pertanian.

Adapun asuransi ini meliputi Usaha Tani Padi (AUTP), Usaha Ternak Sapi (AUTS) atau Kerbau (AUTK), dan Asuransi Nelayan.

"Asuransi ini menjadi perlindungan usaha dari resiko ketidakpastian, sehingga petani lebih termotivasi menjalankan usaha budidayanya," kata Budhy dalam keterangannya, Rabu (20/11/2019).

Menurut dia, bencana alam ataupun serangan hama dan penyakit menjadi faktor resiko utama terjadinya kegagalan panen. Petani kecil yang modalnya terbatas akan sangat terbantu dengan adanya skema asuransi ini.

Melalui asuransi, keberlangsungan profesi petani beserta usaha budidaya yang dilakukannya dapat lebih terjamin.

"Melalui jaminan asuransi, kita bisa mendorong kepastian keberlanjutan usaha pertanian, sehingga nantinya mampu menjamin kelangsungan hidup keluarga petani dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional," jelas Budhy.

Dia menjelaskan, nantinya, proses pengajuan asuransi usaha tani ini dapat dilakukan oleh petani melalui Dinas Pertanian Kabupaten atau Kota setempat. Dimana, pihak Dinas akan mengajukan daftar peserta asuransi definitif ke Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian dengan tembusan Dinas Pertanian Provinsi.

Jika sudah disetujui, masih katanya, pembayaran asuransi dapat dilakukan oleh petani melalui transfer bank yang buktinya dapat diserahkan kepada petugas asuransi untuk ditukar dengan sertifikat asuransi.

Budhy menuturkan, besaran premi asuransi usaha tani padi pada saat ini adalah 3 persen dari asumsi besaran biaya input usaha tani padi sebesar Rp 6 juta per ha per musim tanam, atau sebesar Rp 180 ribu per ha setiap musim tanam.

Pemerintah pun akan memberikan subsidi sebesar 80 persen atas besaran premi ini, sehingga premi yang harus dibayar oleh petani sebesar 20 persen atau Rp 36 ribu per ha per musim tanam. Jumlah ini kemudian diakumulasikan dengan total luasan lahan yang dimiliki oleh petani.

"Sesegera mungkin sosialisasi menyeluruh terkait asuransi ini harus dilakukan, agar lebih melindungi dan memotivasi petani Indonesia mengembangkan usaha pertaniannya," pungkasnya.

Program 100 Hari Kerja, Mentan Syahrul Lakukan Validasi Data Pertanian

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo langsung tancap gas dalam program 100 hari kerjanya. Dia mengaku, langkah awal yang akan dilakukan adalah membuat validasi data menjadi satu pintu. Melalui data, semua kebijakan dan perencanaan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Syahrul pun menegaskan bawa persoalan data harus mengacu pada lembaga negara yang sah dan mengikat dengan undang-undang seperti Badan Pusat Statistik (BPS). Karena itu, kata Syahrul, tidak boleh ada satu lembaga atau kementerian yang saling mengeluarkan data.

Langkah Syahrul dalam menyelesaikan persoalan data mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Tak terkecuali dari Menteri Pertanian periode 2014-2019 Andi Amran Sulaiman.

Dalam acara serah terima jabatan beberapa waktu lalu, Amran mengatakan bahwa perbaikan itu sangat tepat karena bisa membawa sektor pertanian menjadi lebih kuat.

"Soal data pangan yang disampaikan pak Syahrul, saya mendukung karena langkah tersebut sangat tepat. Memang ini harus diperbaiki karena banyak mafia yang bermain. Saya yakin pak Syahrul bisa membawa pertanian menjadi lebih kuat," katanya.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengaku bangga melihat putra daerahnya mengisi pos Menteri Pertanian untuk masa bakti 5 tahun ke depan. Nurdin merasa yakin jika Syahrul mampu mewujudkan kedaulatan pangan.

"Sebagai masyarakat Sulsel, kami bangga putra daerah terbaik Sulsel dipercaya mengambil peran dalam membangun bangsa. Saya yakin ke depan beliau bisa membawa pertanian lebih baik kagi," katanya.

Sementara itu, Pengamat pertanian dari Universitas Nusa Cendana, Leta Rafael Levis megutarakan keyakinannya terhadap Syahrul Yasin Limpo yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pertanian.

Menurutnya, Syahrul adalah sosok brilian yang bisa diandalkan untuk membawa Indonesia lebih maju di sektor pertanian.

"Pengalaman Syahrul sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, seharusnya bisa memberikan energi positif bagi pembangunan pertanian. Artinya, dengan pengalamannya sebagai gubernur, tentu Syahrul tahu apa yang harus dilakukan pemerintah, dan petani dalam arti luas, untuk memajukan pertanian di Indonesia," tukasnya.

Sekedar diketahui, Syahrul Yasin Limpo merupakan putra daerah Sulawesi Selatan yang meniti karir dari Kepala Desa. Kemudian langkahnya meranjak ke Lurah, Camat, Bupati, Wakil Gubernur hingga dua periode Gubernur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah 50 Tahun Berdirinya Masjid Imigran Albania di Australia

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Melbourne - Berada di tengah-tengah permukiman warga di kawasan Carlton North, tak jauh dari pusat kota Melbourne, Australia, berdiri sebuah masjid lengkap dengan minaret berwarna putih.

Masjid Albania dipercaya sebagai masjid pertama yang dibangun di kota Melbourne oleh migran asal Albania pada pertengahan tahun 1960-an dan dibuka secara resmi tahun 1969.

Desain awal dari bangunan ini berbentuk persegi dengan batu bata berwarna kecokelatan. Sebuah minaret baru ditambah di tahun 1994, setelah mendapat izin dari Pengadilan Tinggi Australia.

Masjid yang berada di Jalan Drummond ini pernah mengalami renovasi besar-besaran di tahun 2003 dengan menambah sejumlah fasilitas baru dan mengecat bagian luar gedung dengan warna putih. Seluruh karpet juga diganti menjadi warna merah, seperti warna bendera Albania.

Sebagai bagian dari perayaan 50 tahun berdirinya Masjid Albania, yang digelar akhir pekan lalu (17/01), adzan dikumandangkan dari minaret dengan pengeras suara untuk pertama kalinya dan bisa terdengar di kawasan Carlton North.

Amet Balla, warga Australia berdarah Albania mengaku menjadi sebuah kehormatan bagi dirinya terpilih mengumandangkan adzan.

"Saya sudah menjadi bagian dari masjid sejak kecil dengan datang ke kelas Islam untuk anak-anak," ujar Amet Balla kepada ABC.

Albanian Australian Islamic Society (AAIS) mengatakan kepada ABC sejak pertama kali dibangun, masjid ini tak hanya menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya Albania.

Mereka memberikan bantuan kepada para pendatang baru, termasuk mahasiswa dari negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Dalam 50 tahun terakhir mereka juga melihat jemaah yang datang semakin beragam dan berasal dari berbagai suku bangsa, termasuk donatur, dari Australia dan wilayah lain.

"Ada sejumlah donasi dari warga bukan keturunan Albania dan beberapa dari warga bukan Muslim," kata Ali Ymer, salah satu anggota senior dari Albanian Australian Islamic Society (AAIS).

Komunitas Non-Muslim Lokal Senang dengan Keberadaan Masjid

(Erwin Renaldi / ABC Indonesia)

Tetangga yang tinggal di sekitar masjid, mayoritas bukan beragama Islam, mengaku tidak merasa terganggu dengan keberadaan masjid.

Mereka justru merasa senang karena komunitas Muslim bisa jadi bagian dari lingkungan dimana mereka tinggal.

"Saya rasa memang kita harus berbaur daripada satu kelompok hanya tinggal di satu kawasan saja," seperti yang dikatakan Elsbeth Hadenfeldt, warga Australia yang rumahnya tepat di seberang masjid.

Ia juga senang saat berkunjung ke dalam masjid terutama karena "dindingnya yang putih bersih dan karpet merah yang cantik".

Elsbeth mengaku hanya sesekali saja parkir jemaah masjid menjadi masalah baginya, seperti saat digelar shalat Jumat.

Yang disebut sebagai pendatang Albania di Australia tidak hanya mereka dengan darah Albania, tapi termasuk yang berasal dari Kosovo, Montenegro, dan Macedonia, menurut data dari 'Australian Census'.

Kebanyakan dari mereka pindah ke Australia dengan alasan ekonomi, seperti yang dijelaskan oleh AAIS, karena kondisi perang di negara asalanya, terutama setelah Perang Dunia.

Di periode awal kedatangannya ke Australia, migran asal Albania bekerja di pertanian dan perkebunan, khususnya di negara bagian Queensland dan Victoria.

Menurut 'Heritage Council Victoria' kawasan Carlton di Melbourne telah menjadi tujuan para pendatang dari berbagai negara di Eropa yang terkena dampak Perang Dunia yang pertama dan kedua.

Warga yang tinggal di kawasan Carlton ikut hadir dalam perayaan 50 tahun Masjid Albania, yang juga menawarkan sejumlah aktivitas untuk anak-anak dan keluarga.

Mereka juga menikmati aneka makanan khas Albania yang dijual sambil menonton tarian asal Albania yang dibawakan anak-anak.

Sejumlah politisi, termasuk Adam Bandt dari Partai Hijau dan mewakili Melbourne di kursi parlemen Australia juga nampak hadir dalam perayaan tersebut.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Frozen 2 Menggempur Bioskop, Ini 5 Fakta Menariknya

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekuel yang paling ditunggu lima tahun terakhir akhirnya tayang. Frozen 2 mendinginkan bioskop Tanah Air mulai Rabu (20/11/2019).

Frozen 2 melanjutkan petualangan Putri Elsa dan Anna. Tak berlebihan menyebut Frozen 2 sebagai film paling ditunggu mengingat jilid perdananya bikin geger dunia.

Dirilis pada November 2013, Frozen membukukan pendapatan kotor fantastis 1,27 miliar dolar AS atau sekitar 17,86 triliun rupiah.

Dunia pun dilanda demam Elsa dan Anna. Berencana memboyong keluarga ke bioskop untuk menonton Frozen 2? Sebelum hempas ke bioskop, simak dulu 5 fakta menarik Frozen 2 berikut ini.

Trailer Paling Ditonton Sepanjang Masa

Film Frozen 2 bisa disaksikan di seluruh bioskop Indonesia mulai 20 November 2019 (FOTO: doc.Disney Indonesia)

Frozen 2 merupakan film Disney ke-61 dan menjadi film terakhir di dekade 2010-an. Khalayak tampak tak sabar menanti kehadiran Putri Elsa dan Anna. Buktinya, cuplikan resmi Frozen 2 yang dirilis pada 13 Februari 2019 di jagat maya menjadi trailer paling ditonton sepanjang sejarah.

Trailer Frozen 2 ditonton 116,4 juta kali dalam 24 jam pertama. Tak heran jaringan bioskop termasuk di Indonesia mengantisipasi ledakan Frozen 2 dengan menggelar penjualan tiket di muka.

Tiga Tahun Kemudian…

Salah satu poster promosi film Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Frozen 2 menceritakan tiga tahun setelah peristiwa di Frozen 2013. Putri Elsa yang beranjak dewasa mendengar suara asing dari kawasan utara. Penasaran dengan pertanda dari utara, Elsa mengajak adiknya, Anna, Kristoff, Olaf, dan Sven untuk memulai perjalanan baru. Elsa ingin tahu dari mana kekuatan ajaibnya berasal.

Pencinta film Indonesia mendapat kesempatan menyaksikan petualangan baru Elsa dan kawan-kawan dua hari lebih awal. Mengingat, di AS, Frozen 2 baru tayang 22 November 2019.

Rp 1,4 Triliun Di Akhir Pekan Pertama

Salah satu visual Frozen 2 yang dirilis beberapa pekan lalu. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Frozen 2 digadang-gadang menjadi anggota kelab 1 miliar dolar AS berikutnya, setelah Joker. Para kritikus memproyeksikan karya Chris Buck dan Jennifer Lee ini akan mengeruk 100 juta dolar AS pada akhir pekan pertama penayangan.

Frozen 2 dirilis berbareng dengan dua film lain, yakni A Beautiful Day in the Neighborhood yang dibintangi Tom Hanks dan 21 Bridges. Judul yang disebut terakhir dibintangi pemeran Black Panther, Chadwick Boseman dan aktor peraih Oscar, J.K. Simmons.

Semula Tak Ada Rencana Sekuel

Robert Lopez dan Kristen Anderson-Lopez. (Foto: Dok. IMDb)

Meski mengeruk uang 17,86 triliun rupiah, para petinggi Disney tak serta merta bikin sekuel Frozen. Maret 2014, Chris Buck dan Jennifer Lee yang jadi kreator Frozen dikabarkan mengerjakan proyek baru. Kepada awak media, Chris-Jennifer mengaku tak tahu proyek apa yang akan dipercayakan kepada mereka.

Sebulan kemudian, salah satu petinggi Walt Disney, Alan F. Horn, menjelaskan kepada The Huffington Post, "Kami tidak bicara soal sekuel karena saat ini pihak studio memprioritaskan pertunjukan broadway. Pertunjukan musikal ini butuh lagu tambahan dari Robert Lopez dan Kristen Anderson-Lopez."

Robert Lopez dan Kristen Anderson-Lopez adalah pencipta lagu "Let It Go" dan "Remember Me." Kedua lagu ini diganjar Piala Oscar.

 

Duet Kristen Bell dan Idina Menzel

Kristen Bell kembali memperkuat Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb)

Pengisi suara Elsa dan Anna masih dipercayakan kepada Idina Menzel bersama Kristen Bell. Jonathan Groff menghidupkan peran Kristoff demikian pula Josh Gad tetap jadi Olaf yang menggemaskan. Kepada People, Kristen Bell menyatakan kebanggaannya bergabung di Frozen 2.

"Saking bahagianya saya menceritakan apa saja tentang Frozen 2 kepada anak-anak saya. Saat itu saya merasa jadi ibu yang keren. Ada bagian kontrak kerja dengan Disney yang mengharuskan saya jaga rahasia. Maka saya ingatkan anak-anak agar tidak menceritakan ini di sekolah," selorohnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasang Ring Jantung di Usia Cecep Reza, Adakah Risikonya?

Posted: 19 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit jantung saat ini sudah bukan lagi masalah kesehatan yang mengintai orang tua. Orang muda seperti almarhum Cecep Reza, mantan pemain sinetron yang berumur di bawah 40 tahun pun bisa terkena masalah kardiovaskular.

Pria yang belakangan ini beralih profesi sebagai fotografer diketahui sudah melakukan operasi pemasangan ring jantung di usianya yang masih 31. Tidak lama sebelum Cecep Reza meninggal.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Ade Meidian Ambari mengatakan, pada umumnya, tidak ada perbedaan terkait prosedur pemasangan ring jantung baik pada mereka yang berusia muda seperti Cecep Reza maupun lebih tua.

"Tergantung indikasi pemasangan ringnya," kata Ade lewat pesan tertulis kepada Health Liputan6.com pada Selasa (19/11/2019).

Pasien Harus Ikuti Instruksi Dokter

Cecep Reza bersama keluarga (Sumber: Instagram/ivannatadjaja)

Terkait apakah ada risiko komplikasi pemasangan ring jantung, Ade mengatakan bahwa setiap tindakan medis tentu saja memiliki risiko tertentu.

"Tapi tidak akan muncul jika pasien mengikuti saran dan instruksi dokternya. Misalnya minum obat teratur, istirahat yang cukup, dan modifikasi gaya hidup sehat," kata dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia ini.

Cecep Reza dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 19 November 2019. Dikabarkan Showbiz Liputan6.com, aktor yang terkenal sebagai Bombom di sinetron Bidadari itu mengembuskan napas terakhir di kediamannya, di Rawamangun, Jakarta Timur pukul 14.50 WIB.

Pemasangan ring jantung yang diterima Cecep diungkap dalam unggahan Instagram aktor dan sahabat Cecep, Ade Firman Hakim. Dia mengungkapkan bahwa tak lama usai pemasangan ring jantung, mantan pemeran Bombom di sinetron Bidadari ini langsung melakukan pekerjaannya sebagai fotografer.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Meninggal, Ilija Spasojevic Dikenal Cinta Keluarga

Posted: 19 Nov 2019 08:59 PM PST

Liputan6.com, Gianyar - Ilija Spasojevic sedang dirundung duka. Striker Bali United itu baru saja ditinggal pergi untuk selamanya oleh sang istri, Lehly Arief.

Kabar wafatnya Lehly disampaikan akun instagram resmi Bali United, Rabu (20/11/2019).

"Segenap keluarga besar Bali United mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya salah satu dari keluarga kita, Lelhy Arief Spasojevic istri tercinta dari @spaso_87," tulis akun instagram itu.

Tak hanya di instagram, ucapan duka cita juga mengalir di twitter. Akun @Bali_Football mengabarkan, istri Ilija Spasojevic menghembuskan nafas terakhir di RS Siloam Bali pukul 00.57 WITA.

"Semoga amal ibadahnya diterima dan mendapat tempat terbaik disisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," tulis akun tersebut.

Ilija Spasojevic sendiri boleh dibilang bukan striker sembarangan di pentas sepak bola nasional. Ya, striker naturalisasi asal Montenegro itu pernah dua kali menyabet trofi.

Bersama Persib Bandung, Spaso sukses juara Piala Presiden 2015. Ia juga meraih trofi juara Liga 1 bersama Bhayangkara FC di musim 2017.

 

Cinta Keluarga

Keluarga Kecil Ilija Spasojevic. (Instagram Lelhy Spasojevic).

Tak hanya soal sepak bola, Spasojevic juga jatuh cinta dengan Indonesia di luar urusan Si Kulit Bundar. Itu terbukti dengan keputusannya menikahi Lelhy pada 2013.

Pasangan Spaso dan Lelhy pun telah dikaruniai satu orang putra bernama Dragan, dan satu orang putri bernama Irina. Diakui Spaso, keluarga kecilnya itu lah yang membuatnya tetap semangat.

"Mereka semangat saya. Jadi, setiap kali saya bermain. Saya selalu ingat dengan anak-anak saya," ujar Spaso kepada Bola.com Maret lalu.

Dua anak itu pula yang membuat Spaso selalu habis-habisan saat membela timnas Indonesia. "Mereka dua-duanya orang Indonesia kan. Jadi saya, khususnya ketika bermain di Timnas Indonesia selalu ingin membuat mereka bangga," kata Spaso.

 

Momen Spaso Bersama Keluarga

 
 
 
View this post on Instagram

Selamat Hari Raya Idul Fitri buat yang merayakan. Mohon Maaf Lahir Dan Batin 🙏 #HappyEidMubarak #SrećanBajram

A post shared by Ilija Spasojević (@spaso_87) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rektor UIN Sumut Temui Menko Polhukam, Bahas soal Deradikalisasi

Posted: 19 Nov 2019 08:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md menerima audiensi dari Rektor UIN Sumatera Utara Saidurrahman, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019). Saidurrahman ingin mendapatkan dukungan dari Menko Polhukam, terkait program deradikalisasi

Di mana, baru-baru ini, di Medan, terjadi aksi terorisme lantaran terpapar radikalisme dari kelompok teror yang diduga berafiliasi dengan JAD.

Ada pula sejumlah toko agama, antara lain Tokoh Agama Sumatera Utara, Tuan Guru Batak, Syekh H Ahmad Sabban Elrahmaniy Rajagukguk dan Romo Antonius Benny Susetyo.

"Kami adakan seminar nasional untuk kukuhkan, bahwa NKRI harga mati. Dan dalam rangka deradikalisasi sekaligus moderasi beragama. Kita yakin dengan kebinekaan, kita terjaga dan masyarakat kita insyaallah lebih sejahtera," kata Saiudarrahman, usai melakukan pertemuan.

Dia menuturkan, atas kejadian itu, pihaknya dan sejumlah tokoh agama berupaya untuk meyakinkan, bahwa agama Islam itu, bukan agama kekerasan.

"Jadi kita harus memastikan bahwa, ajaran agama kita adalah agama yang Rahmatan Lilalamin, agama yang moderat, yang bisa merangkul semua keragaman," ungkap Saiudarrahman.

Senada, Tuan Guru Batak, memang sudah waktunya untuk merangkul semua pihak, terlebih untuk program deradikalisasi ini.

"Saya sebagai tokoh Islam, saya punya kewajiban untuk mencintai saudara-saudara kita. Dan itu adalah ibadah. Ini yang harus kita komunikasikan terus. Nanti akan ada seminar lebih lanjut dengan rektor juga. Kita ingin sadarkan keragaman kita agar lebih sejuk dan damai," jelasnya.

 

Jadi Peringatan

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Menurut Tuan Guru Batak, dengan kejadian di Medan beberapa hari lalu, menjadi warning bagi seluruh pemuka agama, untuk memastikan setiap ajaran agama yang diberikan ke masyarakat, tidak ada yang menyimpang.

"Oleh karenanya, warning bagi kita seluruh tokoh-tokoh agama secara khusus harus benar-benar sampai ke akar rumput, memastikan di setiap daerah tak ada ajaran ajaran yang menyimpang. Jadi ini tak boleh lagi tokoh masyarakat secara sendiri sendiri," tukasnya.

Sementara itu, Romo Benny melihat, nilai-nilai Pancasila itu harus terus dibawa dan disampaikan ke masyarakat.

"Sehingga pentingnya bagi masyarakat untuk membangun sistem keamanan rakyat semesta, itu yang penting. Jadi sekarang ini ruang publik itu harusnya lebih banyak ruang pergaulan yang inklusif dibangun di tingkat akar rumput, yang ketiga adalah pemahaman agama yang utuh, karena kekerasan itu kan sebenarnya karena pemahaman agama yang sempit," pungkas Romo Benny.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Imbauan Kreatif Agar Barang Tidak Dibanting Ini Kocak Banget

Posted: 19 Nov 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang pengiriman barang, tidak lepas dari dari andil pihak ekspedisi. Ekspedisi memiliki peranan penting untuk mengirimkan barang antar kota bahkan antar pulau. Namun terkadang, pihak ekspedisi tidak memperhatikan barang kiriman tersebut dan sering membantingnya.

Agar barang yang dikirim tidak dibanting pihak ekspedisi, banyak imbauan kreatif yang berusaha dilakukan. Salah satunya dilakukan netizen dengan akun Twitter @chocoluvvs. Akun Twitter tersebut mengunggah potret imbauan kreatif dipaket barang yang dikirimnya pada 15 November 2019.

Paket milik akun Twitter @chocoluvs dengan kreatifnya diberi imbauan beserta gambar Suzanna agar pihak ekspedisi tidak membanting barang tersebut. Kreativitas tersebut membuat postingannya sudah mendapatkan 2,1 ribu retweet, 3,6 ribu like dan 147 balasan.

Selain imbauan gambar Suzanna, masih banyak imbauan jangan dibanting lain yang enggak kalah kreatif. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret imbauan kreatif agar barang tidak dibanting, Rabu (20/11/2019).

1. Memangnya kerupuk bisa merasakan terluka ya?

6 Imbauan Kreatif Agar Barang Tidak Dibanting Ini Kocak Banget (sumber: Twitter.com/fionasoleha)

2. Yang mengirim pasti sering di PHP ya?

6 Imbauan Kreatif Agar Barang Tidak Dibanting Ini Kocak Banget (sumber: Twitter.com/sambasan)

3. Walang gorengnya jangan dibanting ya guys, soalnya rapuh mudah terluka katanya.

6 Imbauan Kreatif Agar Barang Tidak Dibanting Ini Kocak Banget (sumber: Twitter.com/victoriayovita)

4. Memangnya barang bisa dicampakkan ya?

6 Imbauan Kreatif Agar Barang Tidak Dibanting Ini Kocak Banget (sumber: Twitter.com/veronika_jemmy)

5. Hati orang yang kirim udah kayak lagunya Rossa yang berjudul Rapuh.

6 Imbauan Kreatif Agar Barang Tidak Dibanting Ini Kocak Banget (sumber: Twitter.com/riva1410)

6. Lah, ini malah dikasih gambar Suzanna. Serem banget kan?

6 Imbauan Kreatif Agar Barang Tidak Dibanting Ini Kocak Banget (sumber: Twitter.com/chocoluvvs)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan Ditutup Malam Ini

Posted: 19 Nov 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah membuka pendaftaran CPNS 2019 sejak 11 November 2019. Sebagian instansi untuk saat ini sudah memasuki hari-hari terakhir pendaftaran, salah satunya Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Berdasarkan catatan BKN yang ditulis laman Setkab, Kemenhan akan menutuppendaftaran CPNS 2019 pada hari ini, pukul 23.59 WIB.

Namun rata-rata, rata-rata pendaftaran penerimaan CPNS akan ditutup mulai Minggu (24/11) pukul 23.59 WIB dan seterusnya.

Tak Hanya Kemenhan, instansi yang menutup pendaftaran lebih awal adalah Badan Keamanan Laut (Bakamla) akan menutup masa penerimaan pendaftaran CPNS pada Sabtu (23/11) pukul 23.59 WIB.

 

 

 

Pelamar CPNS 2019 Tembus 3,3 Juta Orang

Sistem tes seleksi CPNS berbasis online merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyampaikan data terbaru soal pelamar tes CPNS 2019. Secara real-time, pelamar hingga Selasa siang (19/11/2019) sudah menembus angka 3,3 juta pelamar.

"3.348.377 sudah membuat akun, 1.366.844 sudah mengisi formulir, 633.800 sudah submit," demikian informasi Plt. Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com.

Angka pendaftar CPNS 2019 yang sudah membuat akun terpantau naik 300 ribu orang dibandingkan Senin malam kemarin. Sementara jumlah yang memasukkan formulir naik 150 ribu orang.

Paryono menyebut sudah ada 517 instansi yang membuka formasi. Total instansi yang ikut CPNS 2019 adalah 67 kementerian/lembaga dan 461 pemerintah daerah.

 

Kumham Paling Banyak Pendaftar

3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS (Liputan 6)

Lowongan CPNS di Kementerian Hukum dan HAM masih jadi primadona di seleksi CPNS 2019. Namun, ada juga kementerian yang belum membuka formasi seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Riset dan Teknologi.

Paryono pun mengajak pelamar untuk mengikuti informasi dari media sosial resmi BKN. Tiap malam ada update terbaru mengenai jumlah pelamar.

"Kami keluarkan update, jumlah pembuat akun, yg submit, 5 instansi terbanyak pendaftar, 10 formasi yg paling diminati," jelasnya

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem Nilai Pilkada Langsung Perlu Dievaluasi Tetapi Tidak Dikembalikan ke DPRD

Posted: 19 Nov 2019 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa menilai pelaksanaan pilkada langsung harus di evaluasi. Namun, kata dia, evaluasi tidak harus membuat pilkada dikembalikan ke ranah DPRD.

"Tetapi kalau evaluasi itu mengembalikan pilkada langsung ke DPRD, selain setback, pilkada oleh DPRD ini kan sudah berjalan berkali-kali, belasan kali di zaman Orde Baru, kepala daerah, bupati, wali kota, gubernur itu dipilih oleh DPR," kata Saan di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Saan mengatakan pilkada langsung adalah evaluasi dari pilkada melalui DPRD. Maka dari itu, dia ingin pelaksanaan pilkada tidak berjalan mundur.

"Jadi, sekali lagi bahwa pilkada langsung itu adalah koreksi dan jawaban atas pilkada lewat DPRD yang selama orde baru itu di jalankan, itu satu," ungkapnya.

Revisi Soal Biaya Politik

Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat ini mengatakan pilkada langsung perlu di evaluasi. Terutama terkait biaya politik yang mahal dan maraknya tindak pidana korupsi.

"Selama ini pidana terkait dengan pilkada yang dilakukan oleh calon termasuk soal money politik, itu ketika tetapkan sudah menjadi calon," ucapnya.

Sania Mashabi

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Armando Heran Fahira Idris Ngurusin Hal Kecil Dibandingkan Uang Rakyat

Posted: 19 Nov 2019 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Akademisi Universitas Indonesia Ade Armando memenuhi panggilan Ditreskrimsus Polda Metro Jakarta terkait kasus meme Anies Baswedan.

Sebelum masuk ruangan pemeriksaan, Ade sempat berbincang dengan wartawan. Pada kesempatan itu, dia mengaku heran dengan laporan anggota DPD Fahira Idris atas unggahannya di media sosial.

Menurut dia, masalah wajah Joker Anies bukanlah masalah yang krusial untuk diperdebatkan. Apalagi sampai seret ke ranah hukum.

"Saya sendiri sudah sampaikan berulang kali Bu Fahira sebagai anggota DPD mengapa mengurus urusan meme ini? Sementara ada sesuatu jauh lebih penting untuk masyarakat yaitu terkait dengan penggunaan uang rakyat di anggaran belanja pemerintah daerah," tutur Ade Armando di Ditreskrimsus Polda Metro Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Ade sendiri mengaku bahagia jika pelapor menarik laporannya. Tapi kalau penarikan itu mesti diikuti dengan syarat, seperti melarangnya mengkritik Anies, hal itu tidak akan dipenuhinya.

"Karena mengeritik Pak Anies itu kewajiban kita semua," ucap Ade Armando.

 

Yakin Tak Ada yang Salah

Dosen UI Ade Armando mendatangi Polda Metro Jaya, Jumat (8/11/2019). (Merdeka.com/ Tri Yuniwati Lestari)

Ade juga merasa yakin akan perbuatannya itu. Ia mengaku aksinya itu dilandaskan pada semangat untuk mengkritisi kebijakan pemerintah, bukan personal.

Dia menegaskan, yang dia perjuangkan adalah agar tidak ada korupsi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

"Beliau harus terus dikritik diserang bukan dengan niat buruk tetapi dengan niat agar uang rakyat tidak sampai dihambur-hamburkan atau bahkan dikorupsi," lanjut Ade.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Subsidi Dicabut, Begini Perhitungan Tarif Listrik Pelanggan 900 VA RTM

Posted: 19 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan listrik golongn 900 Volt Amper (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) akan mengikuti skema tarif penyesuaian (tarif adjustmement), setelah ‎subsidi listriknya dicabut mulai Januari 2020.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengatakan, berdasarkan kesepakatan bersama antara pemerintah dan DPR, maka pelanggan golongan 900VA RTM sudah tidak disubsidi lagi pada 2020.

"Bahwa yang pasti itu tuh enggak disubsidi lagi. Kalau di 2019 kan masih termasuk golongan yang disubsidi," kata Rida, di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Menurut Rida, dengan dicabutnya subsidi tersebut, pelanggan listrik‎ golongan 900 VA masuk ke dalam golongan yang tarif listriknya mengalami penyesuaian atau tidak tetap. Namun untuk ketetapan tarif naik atau tetap masih dalam kajian.

 "Tapi untuk tahun 2020 kita dengan DPR sepakat itu  termasuk golongan yang tarif adjusment. Bahwa itu naik apa nggak ya itu yang lagi dikaji," ujarnya.

Dengan diterapkannya tarif listrik penyesuaian, maka tarif listrik golongan nonsubsidi akan mengikuti parameter formula pembentukan tarif yaitu harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP), kurs dolar Amerika Serikat (AS), inflasi dan harga batubara rata-rata dalam tiga bulan sebelum tarif listrik ditetapkan. Sehingga tarif listrik bisa kemungkinan naik atau turun menyesuaikan parameter tersebut.

Penerapan tarif adjustmen pada golongan 900 VA diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 19 Tahun 2019, dengan begitu saat ini ada 13 golongan pelanggan yang tidak menerima subsidi dan tarif listriknya menyesuaikan kondisi empat parameter tersebut.

 

Daftar Golongan Pelanggan

Petugas PLN memasang listrik di rumah warga di Desa Parauto, Nabire, Papua Barat. (Vina A. Muliana/Liputan6.com)Petugas PLN memasang listrik di rumah warga di Desa Parauto, Nabire, Papua. (Vina A. Muliana/Liputan6.com)

Adapun 13 golongan tersebut adalah:

1. R1 Rumah Tangga kecil di tegangan rendah, daya 1.300 VA.

2. R1 Rumah Tangga kecil di tegangan rendah, daya 2.200 VA.

3. R1 Rumah Tangga menengahdi tegangan rendah, daya 3.500-5.500 VA.

4. R3 Rumah Tangga besar di tegangan rendah, daya 6.600 VA ke atas.

5. B2 Bisnis menengah di tegangan rendah, daya 6.600 VA hingga 200 kVA.

6. B3 Bisnis besar di tegangan rendah, daya di atas 200 kVA.

7. P1 Kantor Pemerintah di tegangan rendah, daya 6600 VA hingga 200 kVA.

8. I3 Industri menengah di tegangan menengah, daya di atas 200 kVA.

9. I4 Industri besar di tegangan tinggi, daya 30 MVA ke atas.

10. P2 Kantor Pemeritah di tegangan menengah, daya di atas 200 kVA.

11. P3 Penerangan Jalan Umum di tegangan rendah.

12. L Layanan Khusus‎.‎

13. 900 VA RTM

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habiskan Rp 900 Miliar, Proyek Pasar Senen Jaya Blok 1-2 Rampung di 2022

Posted: 19 Nov 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Jaya Real Property Tbk memulai ground breaking pembangunan Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2. Perseroan menyiapkan dana sekitar Rp 900 miliar untuk kedua proyek yang ditargetkan selesai 2022.

Direktur Utama PT Jaya Real Property Trisna Muliadi dalam sambutannya mengatakan, mulanya pengembangan Pasar Senen akan dilakukan untuk Blok 5. Namun karena Blok 1 dan 2 sempat terbakar, akhirnya kedua tempat tersebut yang lebih dulu diprioritaskan.

"Berdasarkan jadwal, saat ini Blok 5 yang harus dibangun. Namun karena blok 1-2 terbakar, jadi urgensinya blok 1-2 yang perlu dibangun. Jadi blok 1-2 lebih cepat dari rencana pembangunan kami," jelasnya di proyek Blok 1 dan 2 Pasar Senen Jaya, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT Jaya Real Property Tbk Yohannes Henky Wijaya menyampaikan, pihaknya berinvestasi sekitar Rp 900 miliar untuk pembangunan Blok 1 dan 2 Pasar Senen Jaya ini.

"Investasinya kira-kira Rp 900 miliar. (Modal) Pembiayaannya kan pasti ada dari sewa kepada para pedagang, kemudian ada juga dari asuransi, karena kan waktu itu (Blok 1 dan 2) terbakar," ungkap dia.

Pria yang akrab disapa Henky ini menerangkan, luas lahan dari kedua blok pasar itu sekitar 68 ribu meter persegi. Targetnya, proyek ini dapat rampung pada April 2022.

Untuk proses pembangunan, Blok 1 dan 2 Pasar Senen nantinya bakal dikerjakan oleh beberapa anak usaha yang berada dibawah PT Pembangunan Jaya.

"Terus kemudian nanti pembangunannya oleh Jaya Konstruksi bersama dengan Jaya Teknik Indonesia," tukas Henky.

108 PKL Senen Akan Dipindah ke Pasar Kenari Awal Desember

Para pedagang menjajakan dagangannya di depan gedung Pasar Senen pasca kebakaran, Jakarta, Minggu (22/1). Karena akhir pekan pengunjung justru tumpah ruah di Pasar Senen untuk memilah baju bekas. (Liputan6.com/Helmi Affandi)

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, sebanyak 108 pedagang kaki lima Pasar Senen akan segera direlokasi ke Pasar Kenari Jakarta Pusat, awal Desember nanti.

"(Relokasi) di Pasar Kenari, ada 108 pedagang," ujar Irwandi, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Ia menuturkan, tidak semua PKL yang akan dipindahkan setuju dengan kebijakan tersebut. Kendati demikian, Irwandi bergeming, sebab relokasi dilakukan dengan pertimbangan penertiban.

Tidak jarang, kata Irwandi, para PKL menjajakan dagangan mereka di sebagian bahu jalan yang menimbulkan kemacetan. Ia menargetkan awal Desember para PKL sudah tidak lagi beraktifitas di sana.

"Karena nanti buat perbaikan underpass Senen yang lagi dibangun," tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama PD Padar Jaya Arief Nasrudin mengatakan kios untuk PKL Senen sudah disediakan menyesuaikan jumlahnya. Jika dirasa masih kurang dan di Pasar Kenari sudah penuh, Pasar Jaya masih memiliki pasar lainnya untuk menampung pedagang.

"Kios di sesuaikan dengan kebutuhan yang diminta Pak Wali Kota agar semua pedagang bisa ditampung," kata Arief dikutip dari Antara.

Arief menambahkan, pedagang tidak perlu khawatir dengan jumlah pembeli karena Pasar Kenari dirancang sebagai tempat "one stop shopping" sehingga dapat menarik minat pengunjung dengan berbagai kebutuhan untuk datang berbelanja.

"Sekarang di Pasar Kenari Lantai 3, ada Jakbook yang cukup ramai dan sedang dalam proses pembangunan Bioskop di atasnya," kata Arief.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Sindiran Lucu untuk Timnas Indonesia Usai Takluk Lawan Malaysia

Posted: 19 Nov 2019 08:35 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia kembali menuai kekalahan lawan Malaysia. Bermain pada laga kelima Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia, di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019), Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia.

Dua gol kemenangan Malaysian dicetak Syafawi Rasyid pada menit ke-30 dan ke-73. Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia terbenam di dasar klasemen Grup G.

Dari lima kali bertanding, Indonesia tak meraih kemenangan maupun hasil imbang. Alhasil, impian Timnas Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya musnah.

Keterpurukan Timnas Indonesia tersebut membuat masyarakat Tanah Air kecewa. Banyak warganet yang meluapkan kekesalannya dengan unggahan yang menggelitik selepas Indonesia kalah dari Malaysia.

Selain itu, unggahan para netizen juga mengandung sindiran atas merosotnya performa Timnas Indonesia senior. Berikut redaksi Bola.com kumpulkan sederet unggahan menggelitik warganet setelah Timnas Indonesia takluk dari Malaysia.

1. Dosen Juga Tahu Kenapa Timnas Indonesia Kalah

2, Bantai di Ajang Dangdut D'Academy Asia

3. Meskipun Kalah Indonesia Tetep di Puncak

4. Mumpung Karim Benzema Pengen Pindah Timnas

5. Sebelum Indonesia Main Sudah Pesimistis

6. Meski Kalah, Tetep Semangat Ya Yeyen

7. Jangan Ikuti Seniornya

8. Ditonton Kalah, Enggak Ditonton Tapi Pengin Nonton

9. Jangan Berharap Lebih

10. Mencium Aroma Harum

11. Main Hati

12. Pochettino Mau Melatih Timnas Indonesia?

13. TV Langsung Dijual

14. Begini Ganti Pelatih dan Efeknya ke Prestasi

15. Buat Pengalihan Isu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Densus 88 Antiteror Tangkap 74 Terduga Teroris Pascabom Bunuh Diri di Medan

Posted: 19 Nov 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap 74 terduga teroris usai peristiwa bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara.

"Sudah kami tangkap 74 orang teroris. Meninggal dunia tiga orang," tutur Kapolri Jendral Idham Azis saat rapat bersama Komisi III DPR di Gedung DPR MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Idham menyebut, penangkapan puluhan terduga teroris itu juga menjadi langkah antisipasi pengamanan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, para pelaku tergabung dalam kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi pada ISIS," jelas Idham.

 

Ditangkap di Berbagai Wilayah

Para terduga teroris itu ditangkap di berbagai wilayah. Secara rinci 30 orang diringkus di Sumatera Utara, 11 orang di Jawa Barat, 11 orang di Jawa Tengah.

Kemudian lima orang di Pekanbaru, lima orang di Banten, empat orang di Kalimantan Timur, tiga orang di Jakarta, dua orang di Aceh, satu orang di Jawa Timur, dan dua orang di Sulawesi Selatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta Backpacker Wanita Tewas Saat Bercinta Terungkap dalam Sidang

Posted: 19 Nov 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Auckland - Jasad seorang wisatawan backpacker asal Inggris bernama Grace Millane ditemukan meringkuk dalam koper. Ia meninggal dunia saat berhubungan seksual dengan pria yang ditemuinya di Selandia Baru.

Hal itu menjadi salah satu fakta yang terungkap dalam laporan yang diterima dalam persidangan.

Saat ini, persidangan terhadap terdakwa masih terus berlanjut setelah kasus tersebut yang terjadi pada Desember 2018 lalu. 

Berikut adalah fakta-fakta dari kasus kematian Grace Millane yang terungkap dalam persidangan:

1. Solo Travelling Keliling Dunia

ilustrasi backpacker/Photo by bixing sheng on Unsplash

Grace Millane, seorang backpacker asal Inggris meninggal dunia saat sedang melakukan hubungan seks ketika ia berada di Auckland, Selandia Baru.

Ia sedang melakukan perjalanan keliling dunia sendirian. Millane telah berada di Selandia Baru selama dua minggu dan sebelumnya, ia telah berada di Amerika Latin selama enam minggu. 

2. Bertemu Melalui Aplikasi Kencan 'Tinder'

Ilustrasi orang tua bermain Tinder

Pengadilan mengetahui bahwa korban dan terdakwa dipertemukan melalui aplikasi kencan, Tinder yang berlanjut minum koktail selama beberapa jam di Selandia Baru. Setelah pertemuan santai tersebut, keduanya pergi menuju kamar hotel pria tersebut di CityLife, di pusat kota Auckland.

3. Diduga Tewas 'Tercekik' Ketika Berhubungan Seksual

Ilustrasi Meninggal Misterius (iStockphoto)

Dilansir dari BBC, Rabu (20/11/2019), terdakwa mengatakan, pembelaannya kepada Pengadilan Tinggi Auckland bahwa Millane meninggal secara tiba-tiba karena tercekik secara tidak sengaja ketika melakukan hubungan seksual.

4. Pelaku Sempat Bersihkan Darah di Lantai Apartemen

Ilustrasi Lantai Berdarah di SMA Tugu Malang

Tersangka berusaha untuk membersihkan darah di lantai kamar tempat dia meninggal, menurut informasi yang diterima oleh pengadilan Selandia Baru pada Jumat (15/11/2019).

Tes yang telah dilakukan juga mengungkapkan bahwa darah itu "kemungkinan 500.000 juta kali" merupakan milik Millane daripada orang lain. Demikian informasi yang didapat melalui BBC.

5. Jasad Dimasukkan Dalam Koper dan Dibuang ke Hutan

Ilustrasi koper berisi bahan peledak yang ditinggalkan kepolisian Australia. (News.com.au)

Tersangka telah mengakui bahwa ia meletakkan jasad korban di dalam sebuah koper kemudian menguburnya di daerah Waitakere Ranges, daerah hutan pegunungan di luar Auckland.

6. Pelaku Kencan dengan Wanita Lain

Ilustrasi Foto Kencan Online (iStockphoto)

Jaksa menambahkan bahwa pada malam yang sama, tersangka mencari informasi di internet tentang cara membuang jasad.

"Tersangka tidak merasa tertekan atas kematian korban," ucap jaksa sambil menambahkan bahwa pria tersebut juga mulai mencari konten pornografi.

Keesokan harinya, dia pergi kencan lewat aplikasi Tinder dengan wanita lain padahal tubuh Millane masih ada di apartemen yang sama.

7. PM Selandia Baru Turut Prihatin

PM Selandia Baru Jacinda Ardern ikut menghadiri salat Jumat di Christchurch. (dok.Twitter @Kasmawati75/https://twitter.com/Kasmawati75/status/1108928106977320961/Henry

Perdana menteri, Jacinda Ardern, membuat pernyataan publik yang emosional, mengatakan Millane seharusnya aman mengunjungi Aotearoa.

"Ada rasa sakit dan malu yang luar biasa bahwa ini telah terjadi di negara kita, tempat yang membanggakan keramahtamahan kita, pada manaakitanga kita," kata Ardern, menggunakan kata Māori untuk keramahtamahan.

"Jadi atas nama Selandia Baru, saya ingin meminta maaf kepada keluarga Grace - putri Anda seharusnya aman di sini sedangkan dia tidak, dan saya minta maaf untuk itu." Demikian dikutip dari The Guardian.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dongkrak Harga Sawit, Indonesia Ajak Malaysia Implementasikan Program B30

Posted: 19 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai menghadiri The 2nd Ministeral Meeting of Palm Oil Producting Countries, delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, diundang Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahatir Bin Muhamad ke kantornya, di Putra Jaya, Kuala Lumpur, Selasa (19/11).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, Indonesia telah berhasil mengimplementasikan program pencampuran biodiesel 20 persen (B20), dan saat ini Pemerintah Indonesia menargetkan untuk mengimplementasikan program mandatori B30 pada awal tahun 2020.

"Kebijakan ini telah meningkatkan harga minyak kelapa sawit di atas USD 600 per ton," jelas Airlangga dikutip dari laman Setkab, Selasa (20/11/2019).

 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya atas komitmen Malaysia untuk mengimplementasikan mandatori B20 pada tahun 2020, sehingga diharapkan mampu meningkatkan harga minyak kelapa sawit di dunia yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan di tingkat petani atau pekebun rakyat.

Dia menyebutkan, saat ini terdapat 4 negara yang akan bergabung dalam keanggotaan CPOP, setelah Indonesia dan Malaysia, yakni Papua New Guine, Honduras, Ghana dan Kolumbia sehingga penambahan keanggotaan ini diharapkan akan meningkat posisi CPOPC di mata dunia.

Dukung Mandatori B30

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Menanggapi pernyataan dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, PM Malaysia Mahathir menyatakan dukungannya terhadap penerapan mandatori B30 di Indonesia, dan berharap Malaysia dapat mengikuti langkah Indonesia tersebut.

Selain itu, PM Malaysia menyatakan persetujuannya terhadap langkah penyatuan standar keberlangsungan kelapa sawit sehingga sinergitas program antara Indonesia dan Malaysia semakin baik dan daya saing pekebun meningkat.

Dalam kesempatan itu, PM Malaysia juga menyampaikan akan melakukan pembatasan penambahan luas areal kelapa sawit di Malaysia dan akan fokus pada peningkatan produktifitas (yield) dari petani. Dalam upaya meningkatkan produktifitas, Mahathir mendorong diintensifkannya kegiatan R&D utamanya dalam pengembangan produk hilir kelapa sawit sehingga nilai tambah produk akan meningkat.

Pada akhir diskusi, kedua pihak sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam hal membangun strategi dalam upaya memperbaiki harga pada level yang lebih baik. Malaysia dan Indonesia perlu melanjutkan langkah-langkah konkrit dalam upaya menghadapi kampanye negatif terhadap kelapa sawit, termasuk upaya litigasi di forum WTO.

"Guna melawan kampanye negatif terhadap kelapa sawit, komitmen pengalokasian sumber daya yang memadai sangatlah diperlukan," ujar Mahathir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Petugas Sanitasi Hong Kong Tewas Dipukul Demonstran

Posted: 19 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Warga Hong Kong berkumpul menunjukkan belasungkawa terhadap meninggalnya seorang petugas sanitasi berusia 70 tahun yang diduga tewas dipukul demonstran bermasker.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar PSS Sleman Vs Borneo FC di Vidio

Posted: 19 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Sleman - PSS Sleman akan menjamu Borneo FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Selasa (20/11/2019) di stadion Maguwoharjo, Sleman. Pelatih PSS, Seto Nurdiantoro bertekad meraih kemenangan setelah gagal meraihnya di dua laga.

"Tidak ada pilihan selain kembali meraih kemenangan. Sudah dua pertandingan terakhir sulit menang. Semoga hasilnya berpihak kepada kami, untuk semakin aman bertahan di Liga 1," kata Seto seperti dikutip dari Bola.com

PSS dalam dua laga terakhirnya kalah 0-3 dari PSIS Semarang dan imbang 0-0 atas PSIS. Hanya meraih satu poin di dua laga membuat PSS tertahan di peringkat ke-7 dengan 40 poin.

Namun ambisi meraih poin penuh juga dimiliki Borneo FC. Skuat asuhan Mario Gomez inisudah paceklik kemenangan di empat laga terakhir di Shopee Liga 1 2019.

Pesut Etam -julukan Borneo FC- pun datang ke Sleman dengan rasa lapar. "Laga yang sangat penting, dan bagaimana caranya kami harus bisa meraih poin penuh.," kata Gomez.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 di Indosiar PSS Sleman vs Borneo FC akan dimulai 18.15 WIB. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk live streaming PSS Sleman vs Borneo FC, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Derry Rachman, Alfonso De La Cruz, Asyraq Gufron, Jajang Sukmara (belakang); Guilherme Batata, Wahyu Sukarta, Ocvian Chanigio (tengah); Sidik Saimima, Yevhen Bokhasvili, Haris Tuharea (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandenyuwu (kiper); Nurdiansyah, Javlon Guseynov, Al-Jufri Daud, Makarius Suruan (belakang); Wahyudi Hamisi, Abrizal Umanailo, Ilham Syah (tengah); Terens Puhiri, Rifal Lastori, Matias Conti (depan)

Pelatih: Mario Gomez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Gelar Acara Bulan Depan, Mau Rilis Apa?

Posted: 19 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple memastikan diri akan menggelar acara bulan depan. Informasi ini diketahui dari undangan yang disebar oleh perusahaan tersebut pada sejumlah media di Amerika Serikat.

Dikutip dari Cnet, Rabu (20/11/2019), acara ini akan digelar pada 2 Desember 2019 dan mengambil tempat di kota New York, Amerika Serikat.

Tidak banyak informasi yang diungkap perusahaan dalam undangan tersebut, tapi acara ini ditujukan untuk aplikasi maupun gim yang ada di ekosistem Apple. Hal itu dapat dilihat dari keterangan yang ada di undangan.

"Ayo bergabung dengan acara spesial Apple untuk menghormati aplikasi dan gim favorit kami di 2019," tulis perusahaan dalam undangan tersebut.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan acara seperti apa yang akan diselenggarakan Apple tersebut. Ada kemungkinan acara itu merupakan penghargaan untuk aplikasi dan gim terbaik tahun ini.

Perlu diketahui, acara semacam ini merupakan kali pertama diselenggarakan Apple. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu tidak pernah menyelenggarakan acara khusus untuk aplikasi maupun gim di ekosistemnya.

Sebelumnya, penghargaan untuk aplikasi maupun gim diumumkan secara online, tanpa acara khusus. Karenanya, menarik untuk menunggu seperti apa acara yang akan digelar Apple bulan depan.

Apple Rilis iOS 13.2.3 dengan Perbaikan pada Sejumlah Bugs

Apple memperkenalkan iOS 13 dalam ajang WWDC 2019 (Foto: James Martin/ CNET)

Terlepas dari undangan tersebut, Apple baru saja merilis iOS 13.2.3. Pembaruan kali ini memuat peningkatan dan perbaikan pada sejumlah bugs (masalah) yang ditemukan di iOS versi sebelumnya.

Pembaruan iOS 13.2.3 antara lain mencakup hal-hal berikut ini:

  • Memperbaiki masalah di mana pencarian sistem dan pencarian di aplikasi Mail, File, dan Notes mungkin tidak berfungsi
  • Mengatasi masalah di mana foto, tautan, dan lampiran lainnya mungkin tidak ditampilkan dalam tampilan rincian Message
  • Memperbaiki masalah yang dapat mencegah aplikasi mengunduh konten di latar belakang
  • Menyelesaikan masalah yang dapat mencegah Mail menarik pesan baru dan gagal memasukkan dan mengutip konten pesan asli di akun Exchange

Apple juga saat ini sedang menguji versi beta dari OS 13.3.

Pengujian versi beta dari OS 13.3

Tampilan dark mode di iOS 13 (sumber: Apple)

Versi iOS tersebut diprediksi mencakup beberapa perbaikan minor seperti dukungan lebih baik untuk kunci keamanan yang yang menggunakan USB, Lightning, atau NFC.

Selain itu, pembaruan iOS 13.2.3 hari ini juga akan menyertakan pembaruan keamanan untuk iOS dan iPadOS yang dapat diunduh dari menu setelan.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modern dan Minimalis, Cornerstone House dari Easton Urban Kapital Raih Penghargaan Best Town House Development 2019

Posted: 19 Nov 2019 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cornerstone House raih penghargaan Best Town House Development dengan konsep  Modern dan minimalis. Konsep ini diusung oleh Easton Urban Kapital melalui proyeknya tersebut dengan menampilkan rumah-rumah berdesain arsitektur, interior, dan lansekap. 

Suasana rumah di perkotaan yang modern sudah bisa dirasakan oleh para keluarga modern. Cornerstone House dari Easton Urban Kapital telah berhasil menampilkan rumah-rumah dengan desain arsitektur, interior, dan lansekap yang menjadi daya tarik sehingga berhasil meraih penghargaan sebagai Best Town House Development. 

Berada di area luar biasa dengan estetika desain yang segar, kontemporer, dan bebas penat. Nyatanya Cornerstone House oleh Easton Urban Kapital menampilkan rumah-rumah perkotaan terbaik untuk keluarga modern yang tinggal di Pulau Jawa Indonesia. Terhubung ke tiga kota dan tiga provinsi berbeda, pengembangan di Pondok Cabe ini berada dekat dengan Jakarta Selatan. Tetap terjangkau ke Depok dan Tangerang Selatan, serta menawarkan akses mudah ke seluruh kawasan Jabodetabek.

Daya tarik yang memenangkan Best Town House Development di ajang tahunan PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-5 pada September 2019 lalu dilihat dari kohesi proyek yang diperkuat oleh KARA Architecture. Menerapkan banyak talenta pada desain arsitektur, interior, dan lansekap dalam proyek ini.

Ke-28 rumah, masing-masing dengan tiga kamar tidur dan tiga kamar mandi, berupaya menginspirasi sinergi keluarga dengan ruang huni 125 meter persegi, termasuk area berkonsep open plan di lantai dasar. Ini tidak hanya memanfaatkan ruang secara optimal, tetapi juga mendorong suasana interaktif. Sementara itu, di lantai atas, privasi yang lebih besar diberikan dengan kamar tidur berukuran baik dan kamar mandi pribadi. Semi-lounge di lantai ini menyediakan ruang tamu tambahan, tempat keluarga dapat berkumpul di malam hari.

Di area luar, setiap rumah menyambung ke halaman belakang pribadi yang dapat diakses melalui pintu geser kaca. Teras di depan memberikan peluang bagi penghuni untuk terhubung dengan tetangga dan membangkitkan semangat berkomunitas. Sementara itu, dapur menghadap ke taman untuk memberikan pemandangan yang menyenangkan saat memasak.

Keinginan para pengembang yang berbasis di Jakarta ini adalah untuk memberikan kenyamanan dan estetika yang baik dalam konteks gaya arsitektur. Hal ini telah dipikirkan dengan matang dan membuat para juri tahun ini memuji desain keseluruhan proyek.

Percantik rumah dengan taman rumah bikin betah terus. Simak selengkapnya di panduan membuat taman rumah

"Kualitas minimalis modern, ruang huni open plan, dek kayu di depan, dan pintu kaca ukuran penuh yang mengarah ke taman belakang. Cornerstone House oleh PT. Easton Urban Kapital menawarkan teras atap pelana yang dirancang untuk memaksimalkan cahaya alami dan ventilasi. Namun, tetap nyaman dan bersahaja."

Keterjangkauan adalah faktor utama dalam banyak proyek dari pengembang ini. Hal ini merupakan upaya untuk, "meningkatkan struktur urban kota." Langit-langit setinggi 2,9 meter, ruang dan jendela sengaja ditempatkan untuk memanfaatkan cahaya alami yang membanjiri setiap ruang, dan memberikan aliran udara yang membuat interior tetap dingin. Selain itu juga menambahkan lapisan elemen desain bangunan yang ramah lingkungan dan hemat sumber daya.

Kamar tidur juga dirancang agar jauh lebih luas dibandingkan pengembangan modern pada umumnya sehingga ada perasaan untuk bisa benar-benar bersantai dan bernafas di rumah keluarga. Agar tidak merasa seperti berada di kediaman yang kecil.

Kepraktisan tertanam dalam arsitektur di segala arah. Dalam memenuhi kebutuhan keluarga masa kini, interior dan tata ruang yang fleksibel tersedia di ruang tamu utama. Apa yang sangat mengesankan di Cornerstone House adalah fasad yang menarik dan etos desain sederhana. Pemahaman yang benar tentang bagaimana ruang, cahaya, dan aliran udara dapat ditonjolkan untuk menciptakan tempat tinggal yang luas dan sengaja direalisasikan untuk kehidupan keluarga.

Gaji 6 juta mau cicil rumah? Baca dulu Cicil Rumah Dari Gaji 6 Juta

Pengaturan suasana yang tenteram, dekat dengan berbagai fasilitas dan menambah rasa menyeluruh dalam menciptakan tempat tinggal yang ramah penduduk. Senyatanya, Easton Urban Kapital memberikan esensi dari apa yang diinginkan oleh keluarga yang tinggal di lingkungan perkotaan dan tentunya apa yang mereka butuhkan. Sangat menarik, inilah sebuah rumah yang nyaman dan layak huni.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinkominfo Surabaya Mulai Pasang Fiber Optik di Pinggiran Kota

Posted: 19 Nov 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fiber optik untuk teknologi transmisi sinyal kabel yang menggunakan benang (serat) kaca atau plastik sebagai upaya memperkuat jaringan internet saat ini mulai dipasang di kawasan pinggir Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Kalau di tengah kota, semuanya sudah. Tak ada lagi jaringan internet di tengah kota yang lemot," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya, M. Fikser di Surabaya, Selasa, 19 November 2019.

Menurut dia, Dinkominfo saat ini terus melakukan pembenahan infrastruktur jaringan fiber optik di berbagai wilayah. Saat ini, lanjut dia, pihaknya tengah fokus memasang jaringan fiber optik di wilayah Surabaya Barat, dilansir dari Antara.

Dengan pembenahan jaringan, lanjut dia, diharapkan layanan internet di Kota Surabaya berjalan stabil. Selain itu sewa bandwidth-nya juga bisa lebih hemat karena jika jaringan fiber optik terpasang, maka penggunaan bandwidth juga akan berkurang.

"Selain di kantor pemerintah, pemasangan jaringan fiber optik juga di taman-taman sekaligus untuk suplai CCTV," ujarnya.

 

Terkoneksi Dengan CCTV

Fiber optik (helenturvey.com)

Fikser mengatakan, jaringan fiber optik yang ada di traffict light atau lampu lalu lintas nantinya terkoneksi dengan CCTV berbasis face recognition atau teknologi yang bisa mengidentifikasi wajah seseorang secara digital.

"Face recognition nanti mengikuti jaringan yang kita bangun," katanya.

Berdasarkan data Dinkominfo, pada tahun 2019 jaringan fiber optik yang terpasang sepanjang 80 kilometer. Jaringan Fiber optik tersebut dipasang di kawasan pinggiran Surabaya Timur.

"Di tengah kota semua sudah fiber optik, sedangkan 80 kilometer ini untuk wilayah pinggiran," katanya.

Bahkan, di tahun 2020, Fikser mengatakan pemasangan jaringan fiber optik diproyeksikan untuk wilayah Surabaya Barat dan Utara. Apabila pemasangan jaringan fiber optik di tahun 2020 tuntas, maka layanan internet di Surabaya bebas lemot sudah clear.

"Ini artinya, jaringan internet dan CCTV yang terpasang di berbagai wilayah Kota Surabaya tidak putus-putus," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cecep Reza Dimakamkan, Tangis Istri dan Ibu Sambung Pecah

Posted: 19 Nov 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cecep Reza meninggal dunia pada Selasa (19/11/2019). Cecep Reza dikabarkan meninggal karena sakit jantung yang dideritanya.

Jenazah Cecep Reza kemudian dimakamkan pada Rabu (20/11/2019) dimakamkam di TPU Layur, Jakarta Timur. Jenazah Cecep Reza tiba di pemakaman sekira pukul 09.12 WIB.

Sebelumnya, jenazah Cecep Reza disemayamkan di rumah duka kawasan Penggilingan Jakarta Timur.

Pantauan Liputan6.com di lokasi pemakaman, beberapa rekan artis Cecep Reza turut hadir, di antaranya adalah Indra Birowo dan Andi Boim.

 

Istri Menangis

Karier Cecep Reza di dunia hiburan semasa hidupnya (Nurwahyunan/bintang.com)

Sementara itu, di pemakaman Cecep Reza, ibu sambungnya serta istrinya yaitu Rietha Nanda tak kuasa menahan air mata. Keduanya menangis keras sambil saling berpelukan.

 

Usia 31 Tahun

Bunga ditempatkan pada nisan mantan artis cilik Cecep Reza saat pemakaman di TPU Layur Penggilingan, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Cecep Reza meninggal pada usia 31 tahun karena penyakit jantung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebagaimana diketahui, Cecep Reza pergi untuk selamanya dengan meninggalkan seorang anak berusia 4 tahun. Cecep Reza meninggal dunia di usia 31 tahun.

 

Potret Vanessa Angel

Pemakaman mantan artis cilik Cecep Reza di TPU Layur Penggilingan, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Cecep Reza meninggal pada usia 31 tahun karena penyakit jantung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meninggalnya Cecep Reza memang sangat mengejutkan. Pasalnya, malam sebelum meninggal dunia, Cecep Reza sempat memotret Vanessa Angel. Hal itu diketahui melalui unggahan Vanessa Angel.

 

Ucapan Vanessa Angel

Vanessa Angel (Instagram/vanessaangelofficial)

"Ya allah cep, baru semalem ketemu kita ngobrol ketawa tawa sambil makan enak... skrg kamu udah dipanggil duluan aja sama tuhan semoga amal ibadahmu di terima di sisi-NYA cep.. yg tenang ya disana," tulis Vanessa Angel di Instagram pada Selasa (19/11/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fans Manchester United Ingin Klub Rekrut Mauricio Pochettino yang Dipecat Tottenham

Posted: 19 Nov 2019 08:26 PM PST

London- Tottenham Hotspur memberhentikan manajer Mauricio Pochettino, Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. Fans Manchester United turut bereaksi dengan dipecatnya Pochettino tersebut.

Fans Setan Merah ikut bereaksi dengan ramai-ramai mendesak klub supaya bergerak menggaet Pochettino untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer. Mereka menilai sosok Pochettino sangat layak untuk melatih Manchester United.

Pochettino dipecat hanya enam bulan setelah mengantarkan Tottenham Hotspur ke final Liga Champions 2018-2019. Manajer asal Argentina itu didepak menyusul kinerja klub yang tak stabil di awal musim ini.

Klub London Utara tersebut di posisi ke-14 klasemen sementara Premier League. Harry Kane dkk. hanya memenangi  tiga dari 12 pertandingan pada musim ini. Spurs hanya berjarak enam poin dari zona degradasi.

Di sisi lain, performa Manchetser United di bawah kendali Solskjaer juga kurang gereget. Manchester United terseok-seok pada awal musim dan saat ini masih tercecer di peringkat ketujuh klasemen Premier League. 

Fans menganggap Solskajer belum mampu memberikan kestabilan permainan di MU untuk bersaing di papan atas Premier League. Alhasil, mereka menilai Pochettino bisa menjadi alternatif untuk mendongkrak kinerja Setan Merah. 

Keinginan fans supaya Manchester United bergerak mendekati Pochettino dituangkan melalui media sosial. Berikut ini 10 di antaranya. 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri, published 20/11/2019)

1. Cepat Sambar Pochettino

2. Gaet Pochettino Sebelum Akhir Pekan

"Jika Manchester United punya akal, berikan Pochettino pekerjaan sebelum akhir pekan."

3. Pecat Solskjaer dan Gaet Pochettino Sekarang

"Manchester United tolong pecat Ole dan gaet Pochettino sekarang juga."

4. Pochettino Nganggur Lho

5. Jangan Sampai Menyesal

"Jika Manchester United punya sekeping kredibilitas atau ambisi untuk benar-benar menjadi klub elite lagi, kami akan bergegas menggaet Pochttino sekarang. Jika ragu dan melihatnya pergi ke klub lain, lalu berakhir dengan memecat Solskjaer tahun depan tanpa punya bayangan siapa yang menggantikannya."

6. Cepat Beraksi Sekarang

"Pochettino tersedia, @manutd beraksi sekarang!"

7. Dulu Pernah Mengincar

"Manchester United sebaikanya memboyong Pochettino. Mereka sudah pernah sangat ingin menggaetnya beberapa tahun lalu."

8. Maaf, Ole Harus Pergi

"Manchester United harus mengejar Pochettino, maafkan Ole tapi Anda harus pergi."

9. Pochettino Datanglah, Sekalian Bawa Kane dan Son

"Mauricio Pochettino datang lah ke Manchester United dan bawa serta Harry Kane, Lucas, dan Son."

10. Tolong Berlibur dan Kemudian Datang ke Manchester United

"Dear, Pochettino. Tolong berlibur dan kemudian datang ke Manchester United. Terima kasih."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: