Selasa, 12 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ada Bom Bunuh Diri Medan, Menko Airlangga Jamin Keamanan Investor

Posted: 12 Nov 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berjanji bahwa pemerintah tidak akan mengabaikan kondisi investor setelah adanya bom bunuh diri di Medan. Ledakan terjadi di dekat kantin Mapolresta Medan (13/11/2019) pagi.

"Tentu kita akan terus menjaga keamanan para investor," ujar Airlangga di acara Rakornas 2019 di Sentul.

Kejadian ini pun dikhawatirkan dapat menghambat investasi mengingat pemerintah Indonesia sedang gencar mengundang investasi asing. IHSG pun terpantau menurun.

Airlangga pun menyesalkan kejadian bom bunuh diri tersebut. Ia menyebut akan meminta agar keamanan domestik ditingkatkan.

"Kita tentu kejadian-kejadian semacan itu amat disayangkan. Dan tentu kami minta agar kita menjaga keamanan di dalam negeri," pungkasnya.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan pun turut menyayangkan kejadian ini. Namun, ia menegaskan investor tidak perlu takut.

Pengemudi Ojek Online Mengutuk Keras Teror Bom Bunuh Diri Medan

Polisi memeriksa jenazah seorang yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Pelaku bom bunuh diri mengunakan atribut ojek online dan meledakkan diri di sekitar kantin Mapolrestabes Medan. (ALBERT

Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono, mengatakan bahwa Garda yang merupakan komunitas para pengemudi ojek online sangat mengutuk keras aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Mapolresta Medan, Sumatera Utara.

"Kami mengutuk keras aksi teror bom yang menggunakan atribut ojek online tersebut," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (13/11/2019).

Igun pun menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk melakukan peyelidikan apakah pelaku bom bunuh diri Medan tersebut memang betul pengemudi ojek online atau hanya menggunakan atribut untuk menyamarkan identitas saja. 

Aplikator ojek online, Gojek, pun juga angkat bicara terkait peristiwa ledakan bom bunuh diri di Mapolresta Medan, Sumatera Utara. Pasalnya, pelaku bom buhun diri tersebut diduga menggunakan atribut ojek online.

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan, pihaknya mengutuk keras kejadian bom bunuh diri yang terjadi pada sekitar pukul 08.45 WIB tadi.

"Kami mengutuk aksi teror yang terjadi di Polrestabes Medan pagi ini dan berduka cita atas jatuhnya korban dari aksi teror tersebut," ujar dia dalam keterangan tertulis.

Untuk saat ini, lanjut dia, Gojek masih menunggu investigasi lebih lanjut dan telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Kami tidak dapat berkomentar mengenai atribut terduga pelaku. Kami telah dengan segera menghubungi dan berkoordinasi dengan pihak berwajib, serta siap untuk memberikan seluruh bantuan dan dukungan yang diperlukan untuk proses investigasi," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rakornas Forkopimda, Ketua KPK hingga Menko Polhukam Bahas Sinergi Penegakan Hukum

Posted: 12 Nov 2019 09:45 PM PST

Ketua KPK Agus Rahardjo saat diskusi panel I  Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Panel I itu membahas sinergi penegakan hukum dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua KPK Agus Rahardjo saat diskusi panel I Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Panel I itu membahas sinergi penegakan hukum dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo bersama Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, Jaksa Agung ST Burhanuddin (ki-ka) saat panel I  Rakornas Indonesia Maju di Bogor, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo bersama Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, Jaksa Agung ST Burhanuddin (ki-ka) saat panel I Rakornas Indonesia Maju di Bogor, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua KPK Agus Rahardjo bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD dan Jaksa Agung ST Burhanuddin (ki-ka) saat diskusi panel I  Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua KPK Agus Rahardjo bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD dan Jaksa Agung ST Burhanuddin (ki-ka) saat diskusi panel I Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD dan Jaksa Agung ST Burhanuddin (ki-ka) saat diskusi panel I  Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD dan Jaksa Agung ST Burhanuddin (ki-ka) saat diskusi panel I Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendag Waspadai Kenaikan Harga Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

Posted: 12 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pihaknya akan menjaga stabilitas harga pangan jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Salah satunya dengan memastikan kecukupan pasokan.

 Menurut dia, ada sejumlah bahan pokok yang diwaspadai bakal mengalami kenaikan harga. Bahan-bahan pokok tersebut seperti beras daging, gula, dan minyak goreng.

"Ayam ras cabai, bawang putih. Jadi kita harus stabilkan kebutuhan bahan pokok yang biasa digunakan untuk hari besar keagamaan," kata Agus, ketika ditemui, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (13/11).

 

Hasil pantauan Kemendag, komoditas bawang merah sudah mengalami kenaikan harga. Kemarau panjang yang berbuntut pada kekurangan pasokan menjadi penyebabnya.

"Maka kita waspadai, makanya gunanya untuk penetrasi pasar, kondisi iklim suasana di pasar supaya juga pasokan cukup atau tidak. Apakah nanti ada kenaikan permintaan, bisa kita antisipasi terutama dengan bekerja sama dengan Pemerintah daerah dan pelaku pasar di sana," ujar dia.

Kemendag pun akan mengirimkan tim pemantau ke pasar-pasar. Dengan demikian kondisi pasokan bahan pokok dapat terpantau.  

"Jadi semua ini kan pasokan kita masih ada kecukupan memang nanti kita antisipasi dengan perubahan iklim. Untuk sementara ini kita masih lihat masih ada kecukupan," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Di Awal Kerja, Mendag Agus akan Evaluasi Perjanjian Perdagangan

Mendag Agus Suparmanto (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seminggu usai dilantik, [Menteri Perdagangan]( 4096868 "") (Mendag) Agus Suparmanto, sibuk melakukan konsolidasi internal dan eksternal. Serta mengevaluasi perjanjian perdagangan yang menghambat ekspor Indonesia.

"(Seminggu jadi menteri?) Kita melakukan konsolidasi ke dalam supaya Kemendag bersinergi dengan kementerian lain," ujar Agus saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10/2019).  

Agus mengatakan, perbaikan harus ada agar ekspor Indonesia bisa melejit. Beberapa perjanjian akan dipangkas termasuk perjanjian perdagangan internasional sawit.

"Perbaikan harus ada, kita akan mengevaluasi dan menginventarisir mana perjanjian-perjanjian yang tidak menguntungkan ekspor sehingga akan kita revisi dan evaluasi, terutama perjanjian perdagangan internasional sawit," jelas dia.

"Sawit sangat potensial, tetapi sangat diskriminatif. Di sinilah gunanya untuk negosiasi kesempatan ke depan, terutama dalam acara roadshow dan trade show," sambung dia.

Dia menambahkan, Kementerian Perdagangan tidak bekerja sendiri dalam mendongkrak ekspor. Pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Luar negeri agar semakin banyak pasar ekspor yang dapat dikuasai Indonesia.

"Perjanjian kita lihat dari waktu ke waktu, kita lihat negosiasinya. Kemenlu berdiplomasi dengan negara luar. Kita tidak sendirian sesuai arahan presiden, ini kerja tim. Dengan kementerian terkait kita akan bekerja tim," tandas Mendag.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Terjadi di Sekitar Ruang Oprasional

Posted: 12 Nov 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Medan - Polisi saat ini masih menyelidiki identitas pelaku dan motifpeledakan di Polrestabes Medan, Sumatera Utara. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (13/11/2019), asap membubung tinggi usai ledakan yang diduga berasal dari bom di Polrestabes Meda. Para petugas kepolisian dan warga tampak berhamburan ke halaman parkir.

Ledakan terjadi sekitar pukul 08.45 WIB di area seputar ruang operasional Polrestabes Medan. Diduga ini merupakan bom bunuh diri. 

Polisi kini tengah menyelidiki informasi pelaku yang diperkirakan berjumlah orang yang datang mengendarai sepeda motor dengan atribut transportasi online.

Pelaku sempat memarkirkan dulu sepeda motornya, kemudian berjalan kaki membawa ransel menuju ruang oprasional dan mengaku akan membuat SKCK.

Di depan mobil dinas kepala bagian oprasional, pelaku langsung meledakkan diri. Pelaku tewas di lokasi kejadian. Selain itu, ada satu warga siplil dan lima petugas kepolisian terluka dan langsung di bawa ke rumah sakit.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Medan, Istana: Pelaku Terorisme Akan Terus Dikejar dan Diadili

Posted: 12 Nov 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menegaskan tidak akan memberikan toleransi sedikitpun terhadap aksi bom bunuh diri yang terjadi di halaman Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara. Pihak Istana meminta para pelaku atau kelompok terorisme ditangkap dan diadili.

"Para pelaku atau kelompok terorisme akan terus dikejar, ditangkap dan diadili oleh sistem hukum yang berlaku," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman saat dikonfirmasi, Rabu (13/11/2019).

"Negara memiliki aparatur keamananan berkualitas secara pengorganisasian dan keterampilan yang selalu siap bekerja mengatasi aksi-aksi terorisme," sambungnya.

Fadjroel memastikan, pemerintah tidak akan membiarkan aksi terorisme mengganggu keamanan, ketenangan dan produktivitas sosial ekonomi masyarakat.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memerintahkan penanganan, baik pencegahan dan penanggulangan, kejahatan terorisme.

"Dengan mengaktifkan kerja sama aktif seluruh pihak baik pemerintah dan masyarakat. Kerja sama aktif tersebut akan mengalahkan terorisme demi Indonesia Maju," jelasnya.

Bom bunuh diri meledak di halaman Mapolresta Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 08.45 WIB. Video detik-detik kepanikan warga sesaat setelah bom meledak beredar di kalangan awak media.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, terlihat warga dan anggota kepolisian berhamburan menjauhi lokasi ledakan bom bunuh diri. Sementara asap putih akibat bom membumbung tinggi di dekat kantin Mapolresta Medan.

6 Luka Luka

Polisi memeriksa jenazah seorang yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Pelaku bom bunuh diri mengunakan atribut ojek online dan meledakkan diri di sekitar kantin Mapolrestabes Medan. (ALBERT

Ledakan terjadi saat banyak warga yang hendak mengurus pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan layanan lain di Mapolresta Medan. Polisi saat itu juga hendak melakukan apel pagi.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal menyebutkan, terdapat 6 korban luka-luka akibat kejadian ini. Sedangkan pelaku diduga meninggal.

"Diduga pelaku meninggal. Ada 6 korban, 5 dari personel polri dan satu sipil. Tetapi alhamdulillah laporan sementara korban tidak ada yang luka parah, tetapi ada luka-luka. Dan ada beberapa kendaraan dinas juga rusak," ungkap Iqbal di Sentul, Rabu (13/11/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Medan, DPR Minta Masyarakat Tak Turut Sebarkan Teror

Posted: 12 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi III DPR Herman Herry mengutuk keras penyerangan bom di Medan oleh terduga teroris. Herman mengimbau masyarakat agar tidak turut menyebarkan teror. Yaitu dengan menyebarkan foto dan video penyerangan.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk menahan diri agar tidak menyebarkan foto-foto maupun video aksi tersebut. Selain agar masyarakat tidak perlu mendapatkan gambar atau visual mengerikan, menyebarkan foto dan video hanya membantu tercapainya tujuan teror itu sendiri," ujar Herman dalam keterangannya, Rabu (13/11/2019).

Dia juga meminta masyarakat tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Herman mengatakan, seluruh elemen masyarakat harus bersatu menunjukkan bahwa Indonesia tidak takut teror dalam bentuk apapun.

"Kepada seluruh masyarakat diharapkan untuk tetap tenang dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Seluruh elemen masyarakat harus bersatu menunjukkan bahwa Indonesia tidak takut terhadap teror, seperti apa pun bentuknya," ucapnya.

Herman mendorong kepolisian untuk segera mengusut tuntas peristiwa penyerangan bom di Medan. Dia juga meminta kepolisian meningkatkan kewaspadaan.

 

Usut Peristiwa Bom Medan

Polisi berjaga setelah pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Area Mapolrestabes Medan dijaga ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap. (Rahmad SURYADI/AFP)

"Saya percaya bahwa Polri akan melakukan penegakan hukum secara profesional dalam rangka menjaga keamanan dan memberikan perlindungan kepada setiap warga negara. Tidak hanya di Medan, saya mendorong Polri untuk meningkatkan kewaspadaan di seluruh Indonesia demi memastikan kejadian seperti ini tak terulang lagi," jelasnya.

Ledakan terjadi di Polrestabes Medan, Rabu (13/11). Diduga berasal dari bom bunuh diri. Ledakan terjadi sekira pukul 08.45 Wib.

"Diperoleh informasi telah terjadi bom bunuh diri," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedy Prasetyo saat dikonfirmasi.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wishnutama Bantah Akan Sulap Bali dan Toba Jadi Destinasi Ramah Muslim

Posted: 12 Nov 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama, membantah info salah satu media nasional yang mengatakan, dirinya akan 'menyulap' Bali dan Danau Toba menjadi destinasi ramah wisatawan muslim.

"Kami juga menyesalkan jika pemberitaan mengenai hal tersebut telah mengundang polemik dikalangan masyarakat termasuk para pelaku industri dan insan pariwisata di tanah air," ungkap Wishnutama, melalui informasi resmi yang diterima Liputan6.com, Rabu (13/11/2019).

Persepsi yang muncul atas pemberitaan tersebut, kata Wishnutama, juga sangat bertolak belakang dengan pandangan dan komitmen Kemenparekraf dalam menghargai budaya, kearifan lokal, dan keberagaman.

Wishnutama juga menjelaskan, pariwisata Indonesia dibangun atas kearifan masyarakat dan budaya lokal pada tiap destinasinya, sehingga menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan. Ada keramah-tamahan khas yang dirasakan para wisatawan dengan berbagai latar kultur dan agama.

"Selama ini kami sangat meyakini bahwa budaya, kearifan lokal, dan kekayaan alam harus kita jaga, pelihara, dan kelola dengan baik agar pariwisata Indonesia selalu menciptakan daya tarik bagi wisatawan dan mendatangkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Ke depan, fokus Kemenparekraf adalah mengembangkan destinasi wisata sesuai dengan kearifan budaya lokal sehingga pariwisata kita berdiri kokoh di atas fondasi kebudayaan.

"Kami menjunjung tinggi dan sangat meyakini, bahwa kekayaan alam dan budaya nusantara yang kita miliki justru merupakan aset dan modal terbesar dalam mengembangkan sektor pariwisata sekaligus sebagai daya tarik pariwisata di masing-masing destinasi," katanya.

Kemenparekraf berharap sinergi dan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait pariwisata dapat terus dikuatkan demi pariwisata yang maju dan menyejahterakan masyarakat.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sambil Gendong Bayi, Hakim Pimpin Sumpah Jabatan

Posted: 12 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial, seorang Hakim menggendong bayi saat pimpin sumpah jabatan pengacara ibunya. Hakim ingin bayi tersebut ada di momen sang Ibu diangkat sumpahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Betah di Real Madrid, Modric Tetap Beri Angin Segar Duo Milan

Posted: 12 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Gelandang Real Madrid, Luka Modric boleh jadi sedang memberi angin segar bagi klub-klub Italia. Pasalnya, baru-baru ini, gelandang asal Kroasia itu mengaku menyukai negara tersebut.

"Saya suka Italia, dekat dengan Kroasia. Saya mengikuti Liga Italia, karena banyak rekan setim nasional saya, bermain di sana," kata Modric seperti dilansir Sportskeeda.

Modric belakangan santer diberitakan bakal hengkang dari Real Madrid. Pasalnya, gelandang berusia 34 tahun itu sudah jarang bermain di skuat utama.

Menurut statistik, Modric baru bermain tiga kali di musim ini. Padahal di musim sebelumnya, ia adalah salah satu pilar tak tergantikan di lini tengah bersama Casemiro dan Toni Kroos.

Modric mengatakan, selain karena rekan setim, ia merasa ada kemiripan antara orang-orang Italia dengan negara asalnya, Kroasia. "Orang-orang Italia fantastis dan punya mentalitas mirip dengan kami orang Kroasia," ujarnya.

Modric bergabung dengan Real Madrid dari Tottenham Hotspur pada musim 2012/13. Ia telah tampil 312 kali dan mencetak 18 gol bagi Los Galacticos -julukan Real Madrid.

Sebanyak 15 trofi telah dipersembahkannya bagi Real Madrid. Empat dari 15 trofi itu adalah trofi Liga Champions.

Ditaksir Dua Klub Milan

Gelandang Real Madrid, Luca Modric (AP Photo / Hassan Ammar)

Modric sendiri disebut-sebut menjadi incaran dua klub asal Milan, Inter dan AC Milan. Mengenai hal tersebut, Modric mengaku belum dapat berkomentar banyak, kendati tak menutup kemungkinan bermain di Italia.

"Kita lihat saja, apakah saya akan bermain di Italia satu saat nanti. Saya tidak dapat berbicara soal itu karena saya pemain Real Madrid sekarang," ujarnya.

"Saya suka di Madrid dan untuk saat ini, saya melihat masa depan saya masih di sini," kata Modric mengakhiri.

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djaduk Ferianto dan 5 Prestasinya di Dunia Seni

Posted: 12 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Duka tengah menyelimuti dunia seni Tanah Air. Salah satu seniman terbaiknya, Djaduk Ferianto meninggal dunia, Rabu ( 13/11/2019) sekitar pukul 02.30 WIB.

Butet Kertaredjasa kakak kandung Djaduk Ferianto menuturkan, adiknya meninggal di usia 55 tahun akibat serangan jantung saat berada di kediamannya di Yogyakarta.

Lebih lanjut Butet Kertaradjasa menuturkan bahwa adiknya juga punya riwayat penyakit darah tinggi. "Dia (Djaduk Ferianto) juga ada darah tingginya," kata Butet.

Sebelum meninggal Djaduk Ferianto memiliki banyak prestasi selama berkarya di dunia seni. Apalagi darah seni telah mengalir dalam dirinya, lantaran ia merupakan anak bungsu dari putra seniman legendaris Bagong Kussudiardjo.

Berikut 5 prestasi Djaduk Ferianto selama berkarya di dunia seni.

1. Juara Musik Humor

Djaduk Ferianto (Sumber: Instagram/@djaduk)

Musik sudah mendarah daging bagi Djaduk Ferianto. Pemilik nama asli Gregorius Djaduk Ferianto pernah menjuarai Musik Humor Tingkat Nasional 1978.

2.Penata Musik Terbaik

Djaduk Ferianto (Sumber: Instagram/@djaduk)

Djaduk Ferianto sering menggarap ilustrasi musik untuk sinetron, teater, iklan dan masih banyak lagi.

Atas dedikasinya itu, Djaduk mendapatakan Piala Vidia sebagai Penata Musik Terbaik di Festival Sinetron Indonesia (FSI) pada tahun 1995.

3. Pemusik Kreatif

seremoni sebelum pembukaan Ngayogjazz 2016

Kemampuan musik Djaduk Ferianto sudah tidak diragukan lagi. Ia pernah tergabung dalam kelompok musik Kua Etnika, musik humor Sinten Remen, dan Teater Gandrik.

Karena kepiawannya dalam bermusik Djaduk dinobatkan sebagai Pemusik Kreatif oleh Persatuan Wartawan Indonedia (PWI) cabang Yogyakarta.

4. Kreativitas Terbaik

Djaduk Ferianto

Darah seni yang mengalir dari sang ayah, Bagong Kussudiardjo membuat Djaduk Ferianto menelurkan karya-karya apik. Ia pernah mendapatkan penghargaan Kreativitas Terbaik dalam ajang kompetisi Akustik Se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tahun 1982.

5. Penghargaan dari UNESCO

Djaduk Ferianto (Sumber: Instagram/@djaduk)

Djaduk Ferianto dikenal sebagai seniman kontenporer yang ikut melestarikan seni daerah. Beberapa karyanya selalu mengedepankan kebudayaan Tanah Air baik dari seni musik ataupun seni peran.

Karena kemampuannya itu, Djaduk pernah mendapatkan penghargaan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2000.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICEF ke-3, Gelaran Pendukung Implementasi Ekonomi Sirkular

Posted: 12 Nov 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) kembali digelar untuk ketiga kalinya pada 11 dan 12 November 2019 di Jakarta.

Acara yang digelar Greeneration Foundation diselenggarakan untuk memperkuat komitmen para pemangku kepentingan. Serta, menghasilkan dokumen rekomendasi dalam mewujudkan implementasi ekonomi sirkular di Indonesia.

Forum pada tahun ini mengangkat tema 'Towards a Sustainable Future through Circular Business Practices.' 

Sekitar 400 orang yang terdiri dari pejabat tinggi pemerintah, dunia industri dan sektor swasta, akademisi, praktisi profesional, serta pemangku kepentingan terkait lainnya hadir dalam forum tersebut.

Tanggapan Greeneration Foundation

M. Bijaksana Junerosano, Pendiri Greeneration Foundation berikan sambutan pada The 3rd ICEF di Jakarta, (11/11/19) (Liputan6.com/Medrel Uni Eropa)

Founder Greeneration Foundation, M. Bijaksana Junerosano mengatakan bahwa Indonesia perlu membawa Ekonomi Sirkular ke arah kebijakan negara.

Ia mengatakan salah satunya melalui Rencana Jangka Panjang dan Rencana Jangka Menengah yang terintegerasi dengan kebijakan ekonomi, lingkungan, dan sosial. Hal itu sebagai upaya perwujudan target Sustainable Development Goals (SDG).

"Perubahan menuju ekonomi sirkular mensyaratkan partisipasi semua pihak," katanya seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang dimuat Rabu (13/11/2019). 

"Melalui forum ini, kami menghadirkan berbagai narasumber, baik dari dalam maupun luar negeri, yang akan membantu mengidentifikasi tantangan dan potensi ekonomi sirkular di Indonesia, serta berbagi pengalaman kolaborasi mereka dengan berbagai pihak," tambahnya. 

Kemudian, ditinjau dari sektor pengelolaan sampah, kebijakan Ekonomi Sirkular bisa menumbuhkan ekonomi senilai Rp 101 triliun atau setara 4,1 persen APBN 2019 dengan dampak yang lebih positif terhadap kualitas lingkungan. 

Pernyataan Utusan Norwegia hingga Denmark

Ilustrasi bendera Uni Eropa (AFP Photo)

Sementara itu, Charge de'Affaires Kedutaan Norwegia, Bjørnar Dahl Hotvedt juga turut menekankan pentingnya promosi ekonomi sirkular. 

"Seperti yang kita semua ketahui, penggunaan sumber daya yang efisien sangat logis secara ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah negara harus secara aktif mempromosikan pengembangan ekonomi sirkuler. Menjadikan ekonomi kita lebih sirkuler adalah syarat mutlak jika kita ingin menciptakan masyarakat yang makmur, sekaligus menjaga planet kita," kata Bjørnar Dahl Hotvedt. 

"Ekonomi sirkuler adalah ekonomi masa depan. Tetapi itu tidak akan terjadi dalam jangka waktu dekat; kita perlu contoh, inspirasi, dan belajar dari satu sama lain. Inilah yang akan kita peroleh dari Indonesia Circular Economy Forum, dan itu pula yang menjadi alasan mengapa forum ini sangat penting," tambah Bjørnar Dahl Hotvedt.

Kemudian, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket juga turut menyampaikan komentar perihal Ekonomi Sirkular yang dilakukan.

"Transisi dari konsep linear menjadi Ekonomi Sirkular adalah satu-satunya langkah menuju masa depan. Ekosistem bumi sudah menanggung beban yang begitu besar," katanya. 

"Ekonomi Sirkular telah menjadi elemen utama dalam kegiatan industri dan strategi ekonomi Uni Eropa. Di tengah dunia dengan sumberdaya terbatas ini, transisi menuju Ekonomi Sirkular sangat mungkin terjadi juga di Indonesia. Kita dapat bekerjasama untuk mempercepat dan memfasilitasi perubahan tersebut, bersama-sama,"  tambahnya. 

Sejalan dengan Norwegia dan Uni Eropa, Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Abildgaard Kristensen juga menegaskan bahwa Ekonomi Sirkular adalah sebuah transisi besar menuju konsep ekonomi yang hijau dan berkelanjutan.

"Kini kita memiliki pemahaman yang lebih baik bahwa aliran secara sirkular akhirnya menggugah cara-cara inovatif dalam merancang, memproduksi, membangun dan mengonsumsi sebuah materi, yang akhirnya dapat mengurangi jumlah limbah," tegasnya. 

"Hal ini dapat menciptakan peluang baru bagi sektor swasta, dan dalam jangka panjang dapat mengurangi pengeluaran negara terkait pengelolaan sampah. Ini tentunya sangat baik untuk ekonomi," tambahnya. 

"Oleh sebab itu, saya merasa senang dengan kerjasama antara Denmark dan Indonesia dalam agenda ini. Inilah mengapa Denmark berkomitmen untuk berkontribusi dalam studi-studi yang mengeksplorasi potensi Indonesia dalam mengimplementasikan konsep Ekonomi Sirkular," pungkasnya.

Dukungan PRAISE dan Lembaga-lembaga Lainnya

Ini yang diminta Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) kepada pemerintah di Hari Bumi. (Ilustrasi: SoCore Energy)

Selain itu, Ketua Umum PRAISE, Sinta Kaniawati juga memberi tanggapan mengenai posisi PRAISE dalam ekonomi sirkular yang akan memberi pengaruh bagi lingkungan sekitar.

"Transisi dari ekonomi linier menuju ekonomi sirkular membawa tantangan sekaligus kesempatan bagi Extended Stakeholder Responsibility (ESR), yaitu industri, pemerintah dan masyarakat. PRAISE percaya bahwa kemasan paska konsumsi memiliki peran besar dalam rantai ekonomi sirkular," kata Sinta Kaniawati.

"Penanganan kemasan paska konsumsi yang strategis dan sistemis tidak hanya akan mencegah degradasi lingkungan, namun juga membuka peluang investasi dan lapangan pekerjaan. Sementara dari sektor industri, ekonomi sirkular dapat membantu bisnis berjalan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab, PRAISE telah menjadi mitra ICEF sejak pertama kali forum ini diadakan, untuk mengajak para pemangku kepentingan saling berkolaborasi dan mendukung terlaksananya ekonomi sirkular di Indonesia," tambahnya.

Terlepas dari itu, selain oleh Norwegia, Uni Eropa dan Denmark, ICEF 2019 juga disponsori oleh Pemerintah Belanda dan the Academy of Medical Sciences. 

Forum tahun ini juga mendapat dukungan dari dari Pemerintah Finlandia, Waste4Change, PRAISE, SYSTEMIQ, Universitas Indonesia, Coventry University, Blue Economy Foundation, Indonesia Global Compact Network, GIZ, IATL ITB, Most Valued Business Indonesia, McKinsey.org, Napindo, dan IA ITB. 

 

Reporter: Hugo Dimas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Bunuh Diri Medan Bikin Pengemudi Ojek Online Resah

Posted: 12 Nov 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para mitra atau pengemudi ojek online resah karena terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Medan, Sumatera Utara menggunakan atribut ojek online.

Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono, mengatakan bahwa ada banyak dampak yang ditimbulkan akibat insiden tersebut.

"Sudah timbul keresahan karena atribut ojek online digunakan untuk aksi bom bunuh diri ini" jelas dia kepada Liputan6.com pada Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, para ojek online kuatir setelah insiden tersebut akan membuat para pengemudi dicurigai jika mengantar barang atau makanan ke gedung-gedung.

"Kami kawatir akan dicurigai dan dipersulit," kata kata dia.

Ia bercerita, jika kekhawatiran tersebut terbukti maka akan membuat para pengemudi ojek online lebih susah. Padahal selama ini mereka hanya menjalankan tugas untuk mencari uang.

Gojek Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Mapolresta Medan

Ledakan diduga bom bunuh diri terjadi di Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Medan, Jalan HM Said, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Aplikatorn ojek online, Gojek, angkat bicara terkait peristiwa ledakan bom bunuh diri di Mapolresta Meda, Sumatera Utara. Pasalnya, pelaku bom buhun diri tersebut diduga menggunakan atribut ojek online.

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan, pihaknya mengutuk keras kejadian bom bunuh diri yang terjadi pada sekitar pukul 08.45 WIB tadi.

"Kami mengutuk aksi teror yang terjadi di Polrestabes Medan pagi ini dan berduka cita atas jatuhnya korban dari aksi teror tersebut," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Untuk saat ini, lanjut dia, Gojek masih menunggu investigasi lebih lanjut dan telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Kami tidak dapat berkomentar mengenai atribut terduga pelaku. Kami telah dengan segera menghubungi dan berkoordinasi dengan pihak berwajib, serta siap untuk memberikan seluruh bantuan dan dukungan yang diperlukan untuk proses investigasi," kata dia.

Nila juga menyatakan pihaknya menentang keras segala bentuk tindakan anarkis dan siap memberikan dukungan penuh pada dalam rangka menjaga keamanan.

"Gojek menentang keras segala tindakan anarkis dan akan memberikan dukungan penuh upaya pihak berwajib dalam menjaga keamanan masyarakat," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet dan Pimpinan Parpol Bersilaturahmi ke DPP PAN

Posted: 12 Nov 2019 09:27 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Pimpinan MPR dan partai politik melakukan lawatan di Kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Selasa (12/11). Pertemuan itu merupakan gelaran dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. 

"Setelah beberapa waktu lalu pimpinan MPR RI menyambangi Presiden dan Wapres periode 2014-2019, Presiden dan Wapres terpilih 2019-2024, para mantan presiden dan kontestan Pilpres 2019, kini kami melakukan Silaturahim Kebangsaan dengan mendatangi para pimpinan partai politik dan tokoh-tokoh masyarakat. Silaturahmi Kebangsaan ini muncul dan sudah kami gelorakan sejak sebelum pelantikan Presiden RI beberapa waktu lalu," ujar Bamsoet usai bertemu dengan Pimpinan PAN, Selasa (12/11).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, Lestari Moerdijat dan Syariefuddin Hasan.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, Silaturahim Kebangsaan dilakukan dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat atas kebutuhan konstitusi bangsa. Salah satunya, terkait amandemen terbatas dan keinginan memunculkan GBHN dalam sistem konstitusi Indonesia.

"Hal tersebut sangat penting buat MPR. Sebab, kami menerima 'warisan' dari MPR periode lalu berupa rekomendasi tentang amandemen terbatas. Sehingga, untuk menyikapi hal penting tersebut, kami rasa perlu melakukan silaturahim dengan pimpinan parpol dan tokoh masyarakat," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menjelaskan, PAN secara tegas menyatakan mendorong dilakukannya amandemen terbatas. Begitu pula dengan perlunya dihadirkan kembali GBHN dalam sistem konstitusi Indonesia.

"Tentunya nanti dalam agenda silaturahim selanjutnya akan muncul masukan dan pendapat-pendapat lain. Intinya, MPR RI membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat, untuk menyampaikan kepada kami, kira-kira arah konstitusi negara kita mau dibawa kemana kedepannya," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menegaskan, MPR RI tidak akan gegabah dalam mengambil keputusan terkait amandemen terbatas dan menghidupkan kembali GBHN. Semua keputusan akan diambil sangat hati-hati dengan memperhatikan semua aspirasi masyarakat yang ada.

"Sekarang kami lempar dan buka seluas-luasnya kepada publik, kira-kira arah konstitusi kita kedepan akan dibawa kemana. MPR RI tidak akan gegabah dan akan sangat cermat betul, karena kami tahu dampaknya apabila keputusan ini salah ambil," ujar Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Wagub Lampung Terkait Kasus Korupsi Bupati Lampung Tengah

Posted: 12 Nov 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim. Dia dipanggil terkait kasus suap yang menjerat mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa.

"Yang bersangkutan sebagai saksi untuk tersangka MUS (Mustafa)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Rabu (13/11/2019).

KPK kembali menetapkan mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi.

Mustafa diduga menerima hadiah atau janji terkait dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah tahun anggaran 2018 dan penerimaan-penerimaam hadiah atau janji lainnya dari calon rekanan proyek-proyek di lingkungan Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah.

Terima Rp 95 Miliar

Terpidana kasus suap mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/6/2019). Mustafa diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap dan gratifikasi pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Lampung Tengah TA 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mustafa juga diduga menerima fee dari ijon proyek-proyek di lingkungan Dinas Bina Marga dengan kisaran fee sebesar 10 persen hingga 20 persen dari nilai proyek. Total dugaan suap dan gratifikasi yang diterima Mustafa yaitu sebesar sekurangnya Rp 95 Miliar.

Total Rp 95 miliar tersebut diperoleh Mustafa dari kurun waktu Mei 2017 hingga Februari 2018 dengan rincian Rp 58,6 milyar dengan kode IN BM berasal dari 179 calon rekanan, dan sebesar Rp 36,4 milyar dengan kode IN BP berasal dari 56 calon rekanan.

Penetapan ini merupakan pengembangan kasus suap terkait persetujuan pinjaman daerah untuk APBD Lampung Tengah tahun 2018 yang membuat Mustafa divonis 3 tahun pidana penjara dan denda sebesar Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Ulang Tahun Andhika Pratama, Kompak Berdandan ala Kakek Nenek

Posted: 12 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Andhika Pratama tentunya sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Suami Ussy Sulistiawaty ini merupakan seorang aktor, pembawa acara sekaligus penyanyi. Diketahui, Andhika Pratama baru saja berulang tahun ke-33. 

Bertambanya usia, Andhika Pratama dibanjiri dengan ucapan selamat ulang tahun dari teman, kerabat dan para penggemarnya. Tak hanya ucapan selamat, ia dapat kejutan manis dari sang istri.

Bersama dengan anak-anaknya, Ussy membuat pesta perayaan ulang tahun untuk Andhika. Momen kejutan tersebut diawali dengan mengajak Andhika Pratama menonton film bioskop. Sebelum film dimulai, di layar bioskop muncul foto Andhika yang diiringi dengan lagu Selamat Ulang Tahun.

Tak sampai di situ, Andhika Pratama merayakan hari ulang tahunnya dengan tiup lilin bareng keluarga dan kerabat. Namun ada salah satu yang mencuri perhatian publik yakni Andhika dan Ussy kompak merias wajah dengan makeup tua. Keduanya membagikan momen bahagia itu di akun Instagram. Ussy pun menuliskan kalimat manis di beberapa unggahannya.

"Rencana lumayan dadakan pengen ber mk up tua di hari ultah mu, naik MRT, nge mall , dan kasi kejutan di dalam bioskop sampai kejutan malamnya di restoran bareng temen2 kerja mu.. sempet ga yakin akan berhasil apalg liat kamu dah mulai bete krn bingung ngapain sih bgini.." tulis Ussy di akun Instagram.

"Tapi satu hal yg aq pelajari kemarin.. setua apapun nanti nya kita.. anak2 mulai dah punya keluarga masing2, yg ada di sebelahku yaa kamu.. mari menua bersama Puw.. mari tetap kita cari apa itu bahagia" tambahnya.

1. Andhika Pratama baru saja berulang tahun ke-33, ia diberi kejutan manis oleh sang istri.

Andhika Pratama (Sumber: Instagram/@ussypratama)

4. Bersama dengan anak-anaknya, Ussy menyiapkan pesta ulang tahun untuk Andhika.

Andhika Pratama (Sumber: Instagram/@ussypratama)

5. Keduanya pun kompak merias wajah dengan makeup ala kakek nenek.

Andhika Pratama (Sumber: Instagram/@ussypratama)

6. Keduanya pun tak segan untuk memamerkan kemesraan saat momen kejutan tersebut.

Andhika Pratama (Sumber: Instagram/@ussypratama)

7. Acara ulang tahun tersebut juga dihadiri para sahabatnya.

Andhika Pratama (Sumber: Instagram/@daddohara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nunung Srimulat Segera Hadapi Sidang Tuntutan yang Tertunda

Posted: 12 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sidang lanjutan kasus narkoba yang menjerat Nunung Srimulat akan berlangsung. Nunung Srimulat akan menjalani sidang lanjutan yang beragendakan pembacaan tuntutan.

Sidang lanjutan tersebut akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Rabu (13/11/2019) siang ini.

Semula, sidang pembacaan tuntutan terhadap Nunung Srimulat dijadwalkan pada Rabu pekan lalu. Namun, sidang tersebut ditunda karena satu dan lain hal.

Jelang persidangan kali ini, Nunung Srimulat mengaku siap. "Iya betul sidang tuntutan hari ini, dijadwalkan jam 13.30 WIB, sudah siap," kata Wijoyono Hadi Sukrisno selaku penasihat hukum Nunung, dikutip dari Antara.

 

Alasan Penundaan

Pelawak Tri Retno Prayudati atau Nunung Srimulat dibantu suaminya, July Jan Sambiran turun dari mobil tahanan setibanya untuk sidang perdana di PN Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019). Nunung dan July Jan Sambiran akan mendengar pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekan lalu, pembacaan tuntutan untuk Nunung terpaksa ditunda karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak siap.

 

Masalah Administrasi

Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

JPU menunda pembacaan tuntutan dengan alasan terkendala persoalan administrasi. "Sifatnya hanya administrasi, pengiriman dari sini memakan waktu berapa hari," kata JPU Boby Mokoginta saat dikonfirmasi usai persidangan di Jakarta, Rabu pekan lalu.

 

Penangkapan

Nunung Srimulat (istimewa)

Seperti diketahui, Nunung dan suaminya Iyan ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu di rumah mereka di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada 19 Juli 2019 sekitar pukul 13.15 WIB.

 

Alat Bukti

Komedian Tri Retno Prayudati atau Nunung saat menghadiri sidang kasus penyalahgunaan narkotika di PN Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019). Sidang pembacaan tuntutan terhadap Nunung dan suaminya July Jan Sambiran ditunda karena jaksa belum siap dengan tuntutannya. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dari penangkapan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, alat hisap sabu dan sabu sisa pakai seberat 0,36 gram.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Google Maps Lokasi Mapolrestabes Medan yang Kena Serangan Bom Bunuh Diri

Posted: 12 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bom bunuh diri meledak sekitar pukul 08.45 WIB di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, pada hari ini (13/11/2019). Ketika peristiwa ini terjadi, sejumlah masyarakat sedang mengurus pembuatan SKCK.

Di Google Maps, kita bisa melihat bagaimana penampakan lokasi Mapolrestabes Medan yang terkena serangan bom bunuh diri itu. 

Foto di bawah merupakan penampakan aerial dari Mapolrestabes Medan. Sekilas bisa kita lihat bahwa denah lokasinya berbentuk persegi panjang. 

Lapangan

Foto berikutnya menampilkan sebuah sebuah lapangan (berwarna kuning) yang terletak persis di tengah-tengah gedung Mapolrestabes medan. Lapangan itu merupakan lokasi di mana si pelaku bom bunuh diri menjalankan aksinya.

Foto berikutnya menampilkan suasana Jl. HM Said yang persis terletak di depan Maporlestabes Medan.

Jalan Satu Arah

Menurut foto di Google Maps, Jl. HM Said merupakan jalan satu arah. 

Lalu tepat di ujung kiri jalan di dekat masjid di areal Mapolrestabes Medan, terdapat rambu dilarang melintas, pedagang kaki lima, dan sejumlah motor yang diparkir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deretan Senjata Para Demonstran Hong Kong

Posted: 12 Nov 2019 09:15 PM PST

Seorang mahasiswa menggunakan panahan saat demonstrasi di Hong Kong (13/11/2019). Gerakan antipemerintah Hong Kong yang telah berlangsung selama lima bulan bertindak semakin keras. (AP Photo/Kin Cheung)

Seorang mahasiswa menggunakan panahan saat demonstrasi di Hong Kong (13/11/2019). Gerakan antipemerintah Hong Kong yang telah berlangsung selama lima bulan bertindak semakin keras. (AP Photo/Kin Cheung)

Pengunjuk rasa menggunakan mengumpulkan batu untuk mempersenjatai diri selama bentrokan dengan polisi di Mong Kok, Hong Kong (10/11/2019). Ketapel hingga panahan digunakan para demonstran Hong Kong sebagai senjata saat unjuk rasa yang telah berlangsung selama lima bulan. (AP Photo/Dita Alangkara)

Pengunjuk rasa menggunakan mengumpulkan batu untuk mempersenjatai diri selama bentrokan dengan polisi di Mong Kok, Hong Kong (10/11/2019). Ketapel hingga panahan digunakan para demonstran Hong Kong sebagai senjata saat unjuk rasa yang telah berlangsung selama lima bulan. (AP Photo/Dita Alangkara)

Seorang siswa memegang bom molotov selama bentrokan di Universitas Cina di Hong Kong (12/11/2019). Gerakan antipemerintah Hong Kong yang telah berlangsung selama lima bulan bertindak semakin keras. (AP Photo/Kin Cheung)

Seorang siswa memegang bom molotov selama bentrokan di Universitas Cina di Hong Kong (12/11/2019). Gerakan antipemerintah Hong Kong yang telah berlangsung selama lima bulan bertindak semakin keras. (AP Photo/Kin Cheung)

Sejumlah siswa menggunakan payung berlindung di belakang barikade selama bentrokan dengan polisi di Universitas China di Hong Kong (12/11/2019). Ketapel hingga panahan digunakan para demonstran Hong Kong sebagai senjata saat unjuk rasa yang telah berlangsung selama lima bulan. (Steve Leung/HK01 via

Sejumlah siswa menggunakan payung berlindung di belakang barikade selama bentrokan dengan polisi di Universitas China di Hong Kong (12/11/2019). Ketapel hingga panahan digunakan para demonstran Hong Kong sebagai senjata saat unjuk rasa yang telah berlangsung selama lima bulan. (Steve Leung/HK01 via

Seorang siswa menggunakan linggis merusak sebuah kereta di dalam stasiun MTR Universitas China di Hong Kong (13/11/2019). Gerakan antipemerintah Hong Kong yang telah berlangsung selama lima bulan bertindak semakin keras. (AP Photo/Kin Cheung)

Seorang siswa menggunakan linggis merusak sebuah kereta di dalam stasiun MTR Universitas China di Hong Kong (13/11/2019). Gerakan antipemerintah Hong Kong yang telah berlangsung selama lima bulan bertindak semakin keras. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjuk rasa menggunakan ketapel mencoba menembak saat demonstrasi di Hong Kong (11/11/2019). Ketapel hingga panahan digunakan para demonstran Hong Kong sebagai senjata saat unjuk rasa yang telah berlangsung selama lima bulan. (AP Photo/Kin Cheung)

Para pengunjuk rasa menggunakan ketapel mencoba menembak saat demonstrasi di Hong Kong (11/11/2019). Ketapel hingga panahan digunakan para demonstran Hong Kong sebagai senjata saat unjuk rasa yang telah berlangsung selama lima bulan. (AP Photo/Kin Cheung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Jatim Perketat Keamanan Usai Bom Bunuh Diri Medan

Posted: 12 Nov 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memperketat seluruh keamanan termasuk di kantor polisi usai bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan pada Rabu, (13/11/2019) pada pukul 08.45 WIB.

Kabid Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera  menuturkan,pihaknya memperketat keamanan di seluruh kantor polisi. Hal ini mengantisipasi terkait bom bunuh diri di Medan, Sumatra Utara.

"Penjagaan hari ini kita perketat seluruhnya dengan mengantisipasi hal-hal yang berkembang menyangkut tentang kejadian di Medan," ujar Barung, Rabu pekan ini.

Pengetatan keamanan ini sudah dilakukan sejak tahun lalu usai serangan Mapolrestabes Surabaya pada Mei 2018. Polda Jatim mengantisipasi keamanan dengan meminta pengendara ojek online tidak masuk ke Polda Jawa Timur.

"Ojek online apapun juga bentuknya kita melarang masuk ke Polda Jawa Timur," ujar dia.

Barung menuturkan, hal tersebut bukan diskriminasi tetapi untuk mengantisipasi keamanan. Pihaknya juga meningkatkan keamanan pada Rabu pekan ini seiring peristiwa bom bunuh diri di Medan.

"Semua diperketat sekarang, sudah dari setahun lalu. Nah itu karena situasional yang meningkat," kata dia.

 

Usai Bom Bunuh Diri Medan, Pengamanan Hotel Diperketat

Ilustrasi Foto Bom (iStockphoto)

Sebelumnya, usai terjadinya ledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, pihak pengelola hotel di Medan memperketat pengamanan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi keamanan usai peristiwa bom bunuh diri pada pukul 08.45 WIB tersebut.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara Denny S Wardhana mengatakan, setelah kejadian bom bunuh diri, pihak pengelola hotel di Medan langsung memperketat pengamanannya.

"Saya kebetulann lagi ada acara di salah satu hotel bintang lima, saya lihat pengamanan dilakukan menjadi lebih ketat," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu, 13 November 2019.

Menurut Denny, untuk sementara peningkatan pengamanan berasal dari internal hotel. Namun demikian, kemungkinan akan ditambah dari personil kepolisian.

"Pengamanan dari internal (masing-masing hotel)," tandas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Mapolrestabes Medan, Ketua DPR Minta Program Deradikalisasi Dievaluasi

Posted: 12 Nov 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mengevaluasi program deradikalisasi. Hal tersebut berkaitan dengan penyerangan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan oleh terduga teroris.

"Tentu saja, deradikalisasi ini kemudian harus kita evaluasi, ya ini sudah masuk ke itu ke individu-individu ini," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Puan meminta evaluasi dilakukan terhadap peran Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), kepolisian, hingga TNI dalam program deradikalisasi yang dijalankan pemerintah.

"Bagaimana peran dari apa namanya BNPT kemudian bagaimana peran kepolisian, TNI dan bukan hanya itu saja, bukan hanya aparat hukum saja, tapi masyarakat ini karena masuknya itu sudah ke wilayah umum," katanya.

Selain itu, Puan juga meminta semua pihak tanpa terkecuali untuk melakukan antisipasi. Dia berharap masyarakat ikut terlibat dalam pencegahan dengan melaporkan pihak yang mencurigakan.

Hal itu agar kejadian serupa seperti bom bunuh diri ini tak lagi terjadi.

"Karena itu harus ada antisipasi secara menyeluruh, jadi tidak bisa hanya kepolisian saja, tapi juga elemen masyarakat," ucap politikus PDI Perjuangan itu.

 

Bom Bunuh Diri di Mapolresta Medan

Bom bunuh diri meledak di halaman Mapolresta Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 08.45 WIB. Video detik-detik kepanikan warga sesaat setelah bom meledak beredar di kalangan awak media.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, terlihat warga dan anggota kepolisian berhamburan menjauhi lokasi ledakan. Sementara asap putih akibat bom membumbung tinggi di dekat kantin Mapolresta Medan.

Ledakan terjadi saat banyak warga yang hendak mengurus pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan layanan lain di Mapolresta Medan. Polisi saat itu juga hendak melakukan apel pagi.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal menyebutkan, terdapat 6 korban luka-luka akibat kejadian ini. Sedangkan pelaku diduga meninggal.

"Diduga pelaku meninggal. Ada 6 korban, 5 dari personel polri dan satu sipil. Tetapi alhamdulillah laporan sementara korban tidak ada yang luka parah, tetapi ada luka-luka. Dan ada beberapa kendaraan dinas juga rusak," ungkap Iqbal di Sentul, Rabu (13/11/2019).

 

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sudah Putuskan Pengisi Jabatan Jampidum, Jamdatun dan Jambin

Posted: 12 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung ST Burhanuddin diminta Komisi III DPR untuk segera mengisi posisi Jaksa Agung Muda (Jam). Pasalnya saat ini beberapa posisi Jaksa Agung Muda masih diisi pelaksana tugas atau Plt.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pramono Anung mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah menggelar rapat untuk memutuskan beberapa jabatan. Diantara jabatan untuk Jaksa Agung Muda.

"Kemarin kebetulan kita juga baru saja memutuskan 24 jabatan, diantara 24 jabatan tersebut ada enam jabatan yang sangat strategis bagi DPR. Misalnya Jampidum, Jamdatun dan Jam-jam lainnya," kata Pramono saat rapat kerja bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Pramono tidak menjelaskan lebih lanjut siapa saja yang akan mengisi posisi Jaksa Agung Muda.

"Tetapi sampai hari ini pasti saya kalau ditanya wartawan bilang tidak tahu padahal tau," ujarnya.

 

Tunggu Keputusan Jokowi

Diketahui, dalam rapat Komisi III DPR (7/11/2019) Burhanuddin diminta segera mengisi jabatan Jam. Burhan pun mengatakan sudah mengirim nama-nama calon Jam ke Jokowi.

Dia ingin jabatan Jam segera diisi secara definitif. Namun Burhan masih menunggu keputusan Jokowi.

Ada enam jabatan Jam mulai dari bidang pembinaan (Jambin), bidang intelijen (Jamintel), bidang tindak pidana umum (Jampidum), bidang tindak pidana khusus (Jampidsus), bidang perdata dan tata usaha negara (Jamdatun), serta bidang pengawasan (Jamwas). Sedangkan tiga posisi yang kosong diantaranya Jambin, Jamdatun, dan Jampidum.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penampakan Diduga Pelaku Bom Bunuh Diri Medan

Posted: 12 Nov 2019 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bom bunuh diri terjadi di Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Medan, Jalan HM Said, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Pelaku bom bunuh diri disebut-sebut menggunakan atribut ojek online (ojol) dalam menjalankan aksinya. Pelaku masuk dari pintu depan Mapolrestabes Medan, kemudian meledakan diri di sekitar kantin Mapolrestabes Medan.

Berdasarkan sumber yang diperoleh Liputan6.com, Rabu (13/11/2019), sebuah foto yang diduga dari hasil CCTV, memuat diduga pelaku bom bunuh diri.

Dalam foto tersebut, dia terlihat menggenakan jaket khas ojol berwarna hijau dengan perpaduan hitam. Bahkan, dirinya terlihat menenteng sebuah tas ransel.

 

Gunakan Atribut Ojol

Sebelumnya, seorang saksi mata bernama Lila Maya Sari mneyebut, sebelum ledakan bom terjadi, banyak masyarakat sedang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolrestabes Medan.

"Saya sedang antre ngurus SKCK. Tiba-tiba terjadi ledakan, kuat. Ada asap putih, dan saya langsung teriak 'ada bom'," ujarnya, Rabu (13/11/2019).

Mendengar ledakan tersebut, masyarakat yang mengurus SKCK di Mapolrestabes Medan langsung lari berhamburan. Di saat itu juga, personel Polrestabes Medan usai melaksanakan apel pagi.

Sementara, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan, mengatakan, pelaku bom bunuh diri baru diidentifikasi satu orang. Saat ini, lanjut Tatan Polisi masih melakukan pendataan mengenai kronologi kejadian serta pelaku.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Aksi Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Posted: 12 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat kembali dikejutkan dengan aksi bom bunuh diri. Sebuah bom meledak Rabu (13/11/2019) di halaman Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara sekitar pukul 08.45 WIB. 

Usai bom bunuh diri meledak, kepulan asap putih membumbung tinggi di sekitar Mapolrestabes Medan tepatnya di dekat kantin. Masyarakat sekitar pun panik dan berlarian ke luar Mapolres. 

Kepanikan warga sesaat setelah bom meledak pun sempat tersorot kamera dan videonya beredar di media sosial. Kini polisi tengah melakukan olah tempat kejadian perkara atau TKP di halaman Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Sumatra Utara. 

Kabar ini pun sontak membuat masyarakat heboh. Kepanikan warga ditambah dengan mengaitkannya dengan aksi teroris. Tak hanya ramai di pemberitaan, aksi bom ini juga ramai dibicarakan oleh netizen di media sosial. 

Berikut ini Liputan6.com rangkum 5 fakta ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan dari berbagai sumber, Rabu (13/11/2019). 

 

1. Pelaku Dikabarkan Dua Orang

Bom bunuh diri meledak di halaman Mapolresta Medan, Sumatera Utara sekitar pukul 08.45 WIB. (iStockPhoto)

Bom bunuh diri yang meledak di halaman Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara tersebut diduga dilakukan oleh 2 orang. Hingga kini masih belum diketahui pasti motif pelaku melakukan aksi tersebut.

Ledakan bom terjadi saat banyak warga yang hendak mengurus pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan layanan lain di Mapolrestabes Medan. Polisi saat itu juga hendak melakukan apel pagi.

2. Pelaku Menggunakan Atribut Ojek Online

Bom bunuh diri meledak di halaman Mapolresta Medan, Sumatera Utara sekitar pukul 08.45 WIB. (Rahmad SURYADI/AFP)

Selain melibatkan dua orang pelaku, berdasarkan informasi sumber kepolisian pula pelaku menggunakan atribut ojek daring atau online. Bom tersebut meledak di sekitar kantin Polrestabes Medan. Kepolisian saat ini masih melokalisasi tempat kejadian perkara (TKP) dan mengidentifikasi korban tewas. 

Kristy Nelwan selaku VP Corporate Communications Gojek memberi keterangan. Menurut dia pihaknya masih memantau perkembangan lebih lanjut. Sebab pihak Gojek sendiri baru mengetahui kejadian bom bunuh diri ini.

"Belum (dapat informasi). Saya enggak bisa comment sekarang, saya harus cek dulu beritanya. Belum bisa ada yang ditulis dulu sekarang," ujarnya singkat kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (13/11/2019).

3. Petugas Jadi Korban Luka

Polisi memeriksa jenazah seorang yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Bom bunuh diri meledak di Mapolrestabes Medan sekitar pukul 08.45 WIB. (ATAR/AFP)

Dari kejadian tersebut, data sementara menyebut ada empat orang petugas menjadi korban aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Petugas yang menjadi korban bom bunuh diri yaitu Kasi propam yang mengalami luka di bagian tangan, PHL bernama J. Purba luka dibagian wajah, seorang Anggota propam dan petugas piket.

Untuk pelaku bom bunuh diri pun ditemukan meninggal dunia. 

4. Pelaku Sempat Dihadang Masuk

Polisi berjaga setelah pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Saat ini, aparat kepolisian sedang melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengidentifikasi pelaku. (Rahmad SURYADI/AFP)

Sebelum kejadian, diduga pelaku sempat dihadang dan dicegah memasuki area Mapolrestabes Medan oleh petugas penjaga. Namun pelaku memaksa menerobos dan berhasil masuk. 

Pelaku pun meledakan diri dengan bom di sekitar gedung Kabag Ops Polrestabes Medan, dimana lokasinya berdekatan dengan kantin dan kerumunan masyarakat yang sedang membuat SKCK. 

5. Empat Unit Mobil Rusak Parah

Polisi memeriksa jenazah seorang yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Pelaku bom bunuh diri mengunakan atribut ojek online dan meledakkan diri di sekitar kantin Mapolrestabes Medan. (ALBERT

Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan di Mabes Polri, Jakarta, selain mengakibatkan korban luka, aksi tersebut juga mengakibatkan mobil rusak.

"Kerusakan ada 4 kendaraan. 3 milik dinas, 1 pribadi," kata Dedi di lokasi.

Di sisi lain, dia juga menuturkan hingga saat ini Densus 88 melakukan olah TKP. Salah satunya untuk memastikan indentitas pelaku bom bunuh diri.

Salah satunya menemukan sidik jari pelaku, dan mencari E-KTP, sehingga akan mempermudah mencari datanya yang berada di Dukcapil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Densus 88 Antiteror Tangkap Terduga Teroris Jaringan JAD di Cikarang

Posted: 12 Nov 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat. Penangkapan dilakukan pada Selasa 12 November 2019 sekitar pukul 06.10 WIB.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, terduga teroris yang ditangkap berinisial WJ alias Patria alias Dwi.

"Dugaan sementara yang bersangkutan terlibat JAD (jaringan Jemaah Ansharut Daulah)," tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

Menurut Dedi, WJ memiliki keahlian merakit bom dan terlatih dalam aktivitas militer. Dia merupakan lulusan angkatan pertama pelatihan di Moro pada 1999.

"Tahun 2012 ikut perang di Suriah bersama Azhari dan menjalin hubungan dengan Free Syrian Army," kata Dedi membeberkan.

Terduga teroris itu juga terdeteksi pernah melakukan sejumlah perjalanan seperti ke Filipina, Uni Emirat Arab, dan Hong Kong.

"Yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan Densus 88," ucap Dedi menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IHSG Melemah 0,33 Persen, Imbas Insiden Teror Bom Medan?

Posted: 12 Nov 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih tertekan pada penutupan sesi I Rabu ini. Indeks terkoreksi sebesar 20,45 poin atau 0,33 persen di level 6.160,54.

Analis KGI Sekuritas Yuganur Wijanarko berpendapat melemahnya, indeks di pasar saham bukan karena sentimen domestik yang terjadi pagi ini.

Seperti diketahui, terjadi insiden bom bunuh diri di halaman Mapolresta Medan, Sumatera Utara (Sumut) pagi tadi sekitar pukul 08.45 WIB. Video detik-detik kepanikan warga sesaat setelah bom meledak pun beredar di kalangan masyarakat.

"Pasar di regional asia memang sedang merah, bukan karena insiden Bom (Medan). Soal efek Bom tak begitu berpengaruh," tuturnya kepada Liputan6.com, Rabu (13/11/2019).

Dia memproyeksi, IHSG akan hanya melemah terbatas imbas dari insiden bom Medan pagi ini.

"Masih minus tipis, perkiraan range IHSG di 6150-6180 hari ini," kata dia.

Setali tiga uang, Analis PT Artha Sekuritas Christoper Jordan menilai pelemahan IHSG lebih disebabkan tingginya ketidakpastian global saat ini, bukan karena sentimen dalam negeri.

"Saya rasa tidak berpengaruh. Domestik sekarang minim sentimen. Global yang banyak ketidakpastian," pungkasnya.

6 Orang Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Polisi memeriksa jenazah seorang yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Bom bunuh diri meledak di Mapolrestabes Medan sekitar pukul 08.45 WIB. (ATAR/AFP)

Bom bunuh diri terjadi di Polrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Bom bunuh diri tersebut dilakukan sebelum apel siaga di Mapolrestabes Medan.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal menyebutkan, terdapat 6 korban luka-luka akibat kejadian ini. Sedangkan pelaku diduga meninggal.

"Diduga pelaku meninggal. Ada 6 korban, 5 dari personel polri dan satu sipil. Tetapi alhamdulillah laporan sementara korban tidak ada yang luka parah, tetapi ada luka-luka. Dan ada beberapa kendaraan dinas juga rusak," ungkap Iqbal di Sentul, Rabu (13/11/2019).

Dia menjelaskan, bom bunuh diri terjadi sekitar pukul 08.00 WIB lewat setelah pelaksanaan apel pagi di Polrestabes Medan.

Saat itu, pelaku diduga berjalan di halaman apel. Jeda beberapa saat, di depan kantor bagian operasi Polrestabes Medan pelaku meledakkan diri. Iqbal mengaku, pihaknya juga masih mendalami kejadian ini.

"Kita belum tahu rangkaian dari ledakan tersebut, apakah high explosive atau (apa). Saat ini tim sedang bekerja. Inafis, laboratorium forensik, semua gabungan sedang bekerja untuk melakukan pengolahan tempat kejadian perkara," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pajak Naik, BMW Yakin Konsumennya Tak Akan Kabur

Posted: 12 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bermain di segmen premium, BMW Group Indonesia tidak terlalu khawatir dengan kenaikan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) di wilayah DKI Jakarta. Penyesuaian tarif ini sendiri, efektif berlaku mulai 11 Desember 2019, dari sebelumnya 10 persen menjadi 12,5 persen.

Dijelaskan Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, kenaikan BBN ini memang akan berpengaruh ke harga akhir yang ditanggung oleh konsumen. Pasalnya, jenama asal Jerman ini, selalu mematok harga jual off the road, jadi memang pajak ditanggung oleh pembeli.

"Sosialisasi pasti dari pemerintah mengenai kenaikan BBN. Kalau dari BMW, karena kita adalah brand kendaraan premium, pasti pengaruhnya ada tapi tidak signifikan," jelas Jodie, saat ditemui di Eurokars Gallery, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Sementara itu, menurut Bayu Rianto, Wakil Presiden Penjualan BMW Group Indonesia, memang sejak wacana kenaikan BBN ini pihaknya sudah berkomunikasi dengan konsumen. "Kita memang sudah komunikasikan, jika tarif BBN ini naik, konsumen akan menanggung biaya sekian, jadi konsumen tidak kaget," tambahnya di tempat yang sama.

Kenaikan BBN ini sendiri, memang bukan sesuatu yang baru di industri otomotif, dan sudah terjadi beberapa kali. Bisa dikatakan, kenaikan BBN ini, sudah menjadi hal biasa, dan bagi BMW memang tidak terlalu khawatir dengan penurunan penjualan karena kenaikan tarif BBN ini.

"Tapi kalau untuk BMW tidak terlalu berpengaruh, karena mereka (pembeli) itu fans BMW, bukan hanya untuk kendaraan fungsional seperti merek kendaraan lainnya," pungkas Jodie.

Peraturan

Kenaikan tarif BBN-KB sendiri tertuang dalam perubahan Ketentuan ayat (1) Pasal 7, yang menjadi :

(1) Tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ditetapkan masing-masing sebagai berikut :

a. Penyerahan pertama sebesar 12,5 persen (dua belas koma lima persen) : dan

b. Penyerahan kedua dan seterusnya sebesar 1 persen (satu persen).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berita Terkini Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Posted: 12 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bom bunuh diri terjadi di Mapolrestabes Medan pada hari ini, Rabu (13/11/2019). Ikuti perkembangan berita mengenai bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada tautan ini.

Bom bunuh diri terjadi pukul 08.45 WIB. Sebelum bom bunuh diri terjadi, polisi tengah bersiap melakukan apel siaga. Tak lama kemudian, dua orang yang menggunakan jaket ojek online masuk ke kantin Polrestabes Medan.

Mereka masuk melalui pintu depan menuju Bagian Op, sesampai di sana meledakkan diri dan mengakibatkan korban. Mereka yang menjadi korban adalah Kasi Propam luka di bagian tangan, PHL, J. Purba luka di bagian wajah, anggota propam dan piket Bagian Op.

Sementara, pelaku bom bunuh diri tewas dengan tubuh hancur akibat bom bunuh diri. Polisi melakukan pengamanan dan penyelidikan.

Perkembangan terkini soal berita bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan dapat diikuti di tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Agnez Mo Saat Pengukuran Badan untuk Patung Lilin Madame Tussauds

Posted: 12 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Agnes Monica atau Agnez Mo kembali mendapat pengakuan secara internasional. Kali ini bukan penghargaan yang ia raih, tapi kehormatan untuk diabadikan dalam bentuk patung lilin oleh Museum Madame Tussauds Singapura.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Agnez Mo lewat Instagram miliknya, Rabu, 6 November 2019. Tentu ada alasan kuat yang membuat penyanyi kelahiran 33 tahun lalu itu dibuatkan patung lilin di museum terkenal di dunia tersebut.

Mantan penyanyi cilik ini sudah mengoleksi lebih dari 70 penghargaan di bidang seni baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan, ia pun sukses menembus pasar musik Amerika Serikat.

Hal ini menjadi yang cukup membanggakan. Pasalnya Agnez menjadi artis Indonesia pertama yang dibuatkan patung lilin oleh Madame Tussauds. Rasa bangga itu pun ditunjukkan Agnez Mo lewat unggahan Instagramnya.

Setelah diumumkan menjadi bagian dari Madame Tussauds Singapura, artis yang juga pernah berkiprah di bidang ating ini sudah menjalani serangkaian kegiatan, seperti pengukuran badan. Hal ini diketahi melalui unggahan Instagram pribadinya pada 10 November 2019.

Foto unggahannya tersebut memperlihatkan Agnez berpose seksi dengan memakai bra sport dan celana pendek. Dalam foto tersebut juga terlihat beberapa staf kreatif Madame Tussauds yang sedang mengukur tubuh pelantun Coke Bottle itu. Pengukuran tubuh tersebut dilakukan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Pengukuran tersebut dilakukan secara detail. Ada 200 pengukuran yang harus dilakukan staf kreatif Madame Tussauds untuk membuat patung lilin Agnez Mo.

Pamer Bola Mata Tiruan

Agnez Mo saat pengukuran pembuatan patung lilin untuk museum Madame Tussauds. (dok.Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/B4qf8ebpKnt/Henry)

Pada unggahan sebelumnya, Agnez juga terlihat memerkan bola mata tiruan yang akan digunakan untuk patung lilinnya. Sebuah kotak bertuliskan Madame Tussauds dibawa oleh bungsu dari dua bersaudara ini.

Bukan itu saja, Agnez juga memamerkan palet warna patung lilin yang akan dipakai. Tidak hanya warna kulit badan, bagian bibir dan leher patung Agnez pun ikut dipamerkan.

Yang paling menarik adalah unggahan terbarunya yang sedang mengukur tubuh. Banyak warganet yang gagal fokus dengan lekuk tubuh seksi Agnez.

Ia pun banjir pujian dari warganet. Salah satunya diunggah ulang oleh Agnez Mo di Instagram Stories-nya. 

"Body sekeren ini gk bisa bayangin lagi kalau main film action kaya gimana @agnezmo," tulis pemilik akun @ijisss.  "Sukses terus super mega bintang❤️" komentar akun @alip507.

Meski sudah melakukan pengukuran, tapi belum diiungkapkan waktu peluncuran patung lilin Agnez Mo di Madame Tusssaud Singapura.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Terbaru Kinaryosih, Sempat Vakum dari Dunia Entertain

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seleb cantik Kinaryosih mulai dikenal luas oleh publik lewat sebuah sinetron berjudul perkawinan Sedarah. Sebelumnya, wanita kelahiran 3 Maret 1979 ini mengawali karier di industri hiburan lewat ajang cover majalah pada 1997. 

Tak hanya berkarier di layar kaca saja, seleb cantik berusia 40 tahun ini juga beberapa kali bermain dalam film layar lebar sejak 2006 lalu. Ia pun berhasil meraih berbagai penghargaan di ajang festival film untuk film Mendadak Dangdut.

Lama berkarier di industri hiburan Tanah Air, Kinaryosih pun sempat memutuskan vakum sementara waktu karena melahirkan anak keduanya. Beberapa waktu lalu pun ia kembali membintangi film berjudul Ku Tak Percaya Kamu Mati karya Wimbadi.

Bahkan, pada salah satu unggahan foto di akun Instagram pribadinya, ia terlihat tengah menjalani syuting bersama Djenar Maesa Ayu serta Reza Rahadian. Lama vakum dari keriernya sebagai seorang aktris, tentu saja membuat banyak penggemar menantikan akting Kinaryosih.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @ kinaryosihmoney, Rabu (13/11/2019) berikut ini beberapa potret terbaru dari seleb cantik Kinaryosih.

1. Ini dia unggahan Kinaryosih bersama beberapa artis lainnya yang tengah syuting film di Yogyakarta.

Kinaryosih (Sumber: Instagram/ kinaryosihmoney)

2. Penampilan Kinaryosih pun terlihat berbeda untuk film terbarunya

Kinaryosih (Sumber: Instagram/ kinaryosihmoney)

3. Meski sempat vakum selama 2 tahun, akan tetapi ia cukup sering mengunggah foto di akun Instagram pribadinya.

Kinaryosih (Sumber: Instagram/ kinaryosihmoney)

4. Ia juga sering mengunggah foto saat tengah berolahraga.

Kinaryosih (Sumber: Instagram/ kinaryosihmoney)

5. Tak sedikit pula netizen yang memuji penampilan wanita 40 tahun ini karena terlihat awet muda.

Kinaryosih (Sumber: Instagram/ kinaryosihmoney)

6. Ia juga sering mengunggah foto bersama sang buah hati loh.

Kinaryosih (Sumber: Instagram/ kinaryosihmoney)

7. Bahkan, penampilan Kinaryosih tanpa makeup juga banjir pujian.

Kinaryosih (Sumber: Instagram/ kinaryosihmoney)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Insiden bom bunuh diri terjadi di halaman Mapolresta Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 08.45 WIB. Ledakan tersebut terjadi di sekitar kantin Polrestabes sebelum apel siaga.

Ledakan terjadi saat banyak warga hendak mengurus pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Saat suara ledakan terdengar, sejumlah warga pun langsung berhamburan keluar. Dalam insiden ini satu orang yang merupakan pelaku tewas di tempat.

Berikut tim Citizen6-Liputan6.com rangkum beberapa fakta terkait insiden ledakan bom bunuh diri tersebut:

Kronologi

Polisi memeriksa jenazah seorang yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Pelaku bom bunuh diri mengunakan atribut ojek online dan meledakkan diri di sekitar kantin Mapolrestabes Medan. (ALBERT

Sesaat sebelum bom bunuh diri terjadi, polisi dikatakan tengah bersiap melakukan apel siaga. Tak lama kemudian, dua orang masuk ke kantin Polrestabes Medan.

Mereka masuk melalui pintu depan menuju Bagian Op, sesampai di sana meledakkan diri dan mengakibatkan korban. Mereka yang menjadi korban adalah Kasi propam luka di bagian tangan, PHL, J. Purba luka dibagian wajah, anggota propam dan piket Bagian Op. 

Sementara itu, pelaku bom bunuh diri dinyatakan meninggal dunia dengan tubuh hancur akibat bom bunuh diri, saat ini sedang dilaksanakan pengamanan dan penyelidikan.

Pelaku Gunakan Atribut Ojek Online

Bom bunuh diri (ilustrasi).

Berdasarkan informasi yang didapat dari sumber kepolisian, pelaku bom bunuh diri ini diduga berjumlah dua orang dengan menggunakan atribut atau jaket ojek online.

Meski begitu, belum ada pihak berwenang yang bisa dimintai keterangan lebih lanjut. Salah satu aplikator ojek online, Gojek, belum bisa memastikan apakah pelaku bom bunuh diri ini adalah mitranya.

Mengaku Hendak Buat SKCK

Polisi berjaga setelah pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Area Mapolrestabes Medan dijaga ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap. (Rahmad SURYADI/AFP)

Menurut sumber yang beredar, pelaku mengaku berencana untuk membuat SKCK. Sebelum masuk ke Mapolres Medan, dirinya sempat ditanya petugas jaga ihwal kedatangannya. Dan petugas juga meminta dia melepaskan jaket ojek online yang dikenakan.

Menurut sumber tersebut, pelaku tiba sekitar pukul 8.20 WIB. Kemudian ia menuju ke arah depan Kantor Bagian Opersional sampai di depan mobil dinas Kepala Bagian Opersional pelaku langsung meledakan diri.

6 Orang Luka-Luka

Polisi berjaga setelah pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Saat ini, aparat kepolisian sedang melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengidentifikasi pelaku. (Rahmad SURYADI/AFP)

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal menyebutkan, terdapat 6 korban luka-luka akibat kejadian ini. Sedangkan pelaku diduga meninggal.

"Diduga pelaku meninggal. Ada 6 korban, 5 dari personel polri dan satu sipil. Tetapi alhamdulillah laporan sementara korban tidak ada yang luka parah, tetapi ada luka-luka. Dan ada beberapa kendaraan dinas juga rusak," ungkap Iqbal di Sentul, Rabu (13/11/2019).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serangan Jantung Renggut Djaduk Ferianto, Kenali Gejala Khasnya

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Serangan jantung diduga menjadi penyebab Djaduk Ferianto meninggal dunia.  Seniman ternama Tanah Air ini mengembuskan napas di kediamannya di Yogyakarta pada Rabu (13/11/2019) pukul 02.30 Wib.

Jenazah Djaduk Ferianto akan dikebumikan di makam keluarga Sembungan, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Djaduk meninggal dunia pada usia 55 tahun. Seniman ini meninggalkan seorang istri dan 5 anak.  

Adapun gejala khas serangan jantung seperti yang dialami Djaduk Ferianto, yakni nyeri dada. Berbeda dengan nyeri biasa, nyeri dada untuk gejala khas serangan jantung bisa menjalar ke lengan hingga leher.

"70 persen orang dengan penyakit jantung koroner punya gejala nyeri dada khas. Nyerinya di belakang tulang dada atau lebih kiri sedikit. Dan bisa menjalar ke lengan kiri ke belakang hingga leher," papar spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSPI Puri Indah Johan Winata beberapa waktu silam.

 

Nyeri Disertai Keringat Dingin

Serangan jantung dengan nyeri khas. (iStockphoto)

Gejala khas serangan jantung berupa nyeri juga biasanya disertai keringat dingin. Bahkan mual dan muntah.

"Nyeri dada lebih berat disertai keringat dingin, mual dan muntah bisa dialami," Johan menambahkan.

Kondisi tersebut dialami 30 persen orang, sisanya nyeri dada yang muncul tak khas, misal nyeri di bagian rahang dan gigi, jari manis dan nyeri di dada sebelah kanan.  

Sensasi nyeri beragam setiap individu. Ada yang seperti ditusuk-tusuk, diremas-remas, hingga terbakar.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catatan Teror di Surabaya Seperti Serangan Bom Bunuh Diri Medan

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Publik kembali dikejutkan dengan bom bunuh diri. Bom bunuh diri terjadi di Mapolrestabes Medan pada Rabu, (13/11/2019). Bom bunuh diri terjadi pada pukul 08.45 WIB.

Asap putih mengepul di sekitar Mapolrestabes Medan. Polisi dan masyarakat sekitar langsung panik dan berlarian ke luar Mapolrestabes.  Berdasarkan informasi sumber kepolisian, pelaku diduga berjumlah dua orang dengan mengguakan atribut ojek online.

Seorang saksi mata, Fauzi menuturkan, bom tiba-tiba meledak saat provos sedang melakukan apel pagi. "Enggak ada yang menyangka karena pakai baju gojek, suaranya keras sekali, kuping saya masih dengung," ujar dia.

Fauzi menuturkan, akibat ledakan itu, satu korban hancur tak dapat dikenali, sementar satu korban hancur tak dapat dikenali, sementara satu korban lainnya luka-luka dan dibawa pakai ambulans.

"Ada mobil truk polisi dan sedan, kalau tidak ada mungkin ada banyak polisi yang kena karena itu bom paki," ujar dia.

Peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan ini seperti kembali mengingat kejadian serangan bom di kantor polisi di Surabaya pada 2018. Krononologi kejadian bom bunuh di Mapolrestabes Surabaya itu, pada Senin, 14 Mei 2018 sekitar pukul 08.50 WIB. Bom bunuh diri meledak di Mapolrestabes Surabaya.

Saat itu, bom bunuh diri menggunakan sepeda motor yang dikendarai seorang pria, perempuan dan seorang bocah yang duduk di depan.

Mengutip Kanal News Liputan6.com, berdasarkan rekaman CCTV, sebuah minibus hendak memasuki gerbang penjagaan Mapolrestabes Surabaya untuk pemeriksaan oleh tiga petugas jaga dan provost.

Saat mobil itu diperiksa, dua motor mencoba menyalip mobil yang diperiksa. Saat dilakukan pemeriksaan itu pengendara yang membonceng seorang perempuan itu meledakkan diri.

"Dipastikan (serang) kendaraan roda dua, membonceng seorang wanita," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Senin, 14 Mei 2018.

Frans menuturkan, ada empat polisi yang menjadi korban luka dan enam warga yang berada di lokasi ledakan menjadi korban luka. Sedangkan korban tewas diduga pelaku empat orang.

Lalu ledakan susulan kembali terdengar dari radius 200 meter Markas Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, Jawa Timur sekitar pukul 10.50 WIB. Dugaan sementara yang beredar, ledakan itu berasal dari bom yang sebelumnya dibawa pelaku, tetapi belum diledakkan. Belum diketahui ledakan apa yang terjadi, tetapi terdengar sangat jelas oleh sejumlah petugas, awak media, dan petugas kesehatan yang berjaga di wilayah aman.

Petugas Labfor Ambil Sampel dari Lokasi Ledakan Bom Bunuh Diri Medan

Ilustrasi ledakan bom (iStockPhoto)

Sebelumnya, Petugas Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) melakukan observasi dan dokumentasi awal di lokasi ledakan bom bunuh diri di Markas Besar Polrestabes (Mako Polrestabes) Medan, Sumatera Utara.

Pantauan di lokasi, Rabu, 13 November 2019, para petugas Puslabfor datang dengan mengendarai dua unit mobil Puslabfor. Saat ini para petugas masih berada di dalam Mako Polrestabes Medan. Demikian dilansir Antara.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Kepolisian terkait peristiwa ini. Para petugas Kepolisian tampak menjaga ketat arus masuk ke Mako Polrestabes Medan.

Sementara itu disiagakan satu unit mobil ambulans milik Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) yang disiagakan.

Ledakan bom bunuh diri terjadi di Polrestabes Medan di Jalan HM Said Medan Rabu pagi sekitar pukul 08.45 WIB.

Diperoleh informasi telah terjadi bom bunuh diri yang dilakukan diduga seorang menggunakan atribut pengemudi ojek online dan meledak di sekitar kantin Polrestabes Medan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kalau Ada Masalah Hukum Diingatkan di Awal, Jangan Langsung Ditebas

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta aparat penegak hukum memberi peringatan terlebih dahulu kepada kepala daerah, apabila ada persoalan hukum di awal-awal pelaksanaan proyek.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda 2019 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Hadir dalam kesempatan ini para kepala daerah, kapolda, hingga kejati.

"Kalau ada persoalan hukum dan itu sudah kelihatan di awal-awal. Preventif dulu, diingatkan dulu. Jangan ditunggu kemudian peristiwa terjadi sampai sudah terjadi baru ditangani. Setuju semuanya?" kata Jokowi.

Jokowi mengaku sudah menyampaikan hal yang sama kepada Panglima TNI, Kapolri, dan Jaksa Agung. Jangan sampai, kata dia, kesalahan-kesalahan kepala daerah didiamkan dan baru diusut saat pengerjaan proyek selesai.

"Jelas-jelas itu keliru sejak awal, diingatkan dong. Gubernur, ini keliru. Dengarkan dong. Jangan ditunggu, ngerti keliru ditunggu sampai terus. Dikerjakan setelah rampung baru ditebas. Tidak bisa seperti ini. Harus kita akhiri seperti ini," kata Jokowi.

Membangun Komunikasi

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan para kepala daerah untuk membangun komunikasi yang baik dengan pimpinan aparat penegak hukum di wilayahnya.

"Komunikasi gubernur dengan kapolda, dengan pangdam, dengan kejati dengan kepala Pengadilan Tinggi penting sekali untuk dijalin," tutur dia.

Menurut Jokowi, hubungan harmonis antara kepala daerah dengan pimpinan aparat penegak hukum sangat berpengaruh terhadap tensi di daerah itu. Apabila hubungan itu tak harmonis, akan sulit menangani masalah yang ada di daerah itu.

"Kalau satu saja tidak rukun akan menjadi masalah besar dalam menangani problem yang ada di daerah," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Bakal Pegang Kunci Permainan Melawan Iran

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Gianyar - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Iran dalam laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (13/11/2019) sore WIB. Laga ini sangat krusial buat skuat racikan Indra Sjafri karena merupakan persiapan terakhir sebelum SEA Games 2019.

Timnas Indonesia U-22 dijadwalkan dua kali menghadapi Iran pada laga uji coba. Laga kedua nanti akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (16/11/2019).

Pemilihan Iran sebagai lawan uji coba jelang SEA Games 2019 bukan tanpa alasan. Secara level permainan, Iran satu tingkat di atas pasukan Garuda Muda.

Menghadapi Iran membuat Timnas Indonesia U-22 bisa mengukur kesiapan jelang SEA Games 2019. Jika mampu meraih kemenangan, kualitas Timnas Indonesia U-22 bisa dikatakan sudah selangkah maju dari peserta penyisihan grup di SEA Games.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-22 sudah tiga kali menggelar laga uji coba melawan tim yang levelnya lebih tinggi semisal China, Yordania, dan Arab Saudi. Namun, Egy Maulana Vikri dkk. hanya mampu bermain imbang melawan Arab Saudi, sisanya menelan kekalahan.

Secara kualitas, Timnas Indonesia U-22 terlihat tak terlampau ketinggalan dari para rival. Jadi, uji coba melawan Iran sangat tepat dilakukan sebelum bertempur pada event sebenarnya.

Berikut ini tiga pemain Timnas Indonesia U-22 yang diprediksi memegang kunci permainan saat melawan Iran:

Evan Dimas

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, berusaha melewati striker Malaysia, Syafiq Ahmad, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Evan Dimas merupakan satu dari tiga pemain senior yang dibawa untuk laga uji coba melawan Iran. Untuk kemampuan di lini tengah, Evan dikenal sebagai pemain pengatur tempo serangan dan kedalaman di lini tengah.

Jadi, permainan Timnas Indonesia U-22 kemungkinan besar bakal bergantung pada sosok Evan. Pemain Barito Putera itu yang akan menjadi penyeimbang tim di lini tengah, dan kunci transisi dari menyerang ke bertahan serta sebaliknya.

Egy Maulana Vikri

Penyerang Indonesia, Egy Maulana Vikri, saat melawan Chinese Taipei pada laga AFC U-19 di SUGBK, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang 3-1 atas Chinese Taipei. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Egy Maulana Vikri bisa dibilang menjadi corong permainan Timnas Indonesia U-22. Pelatih Indra Sjafri selalu menggunakan skema di mana arus bola nantinya akan berakhir di kaki Egy.

Skema tersebut sudah terbaca sejak Egy masih bermain di Timnas U-19. Laga melawan Iran menjadi ajang Egy Maulana Vikri untuk menunjukkan kemampuannya. Apalagi sebagai pemain berlabel klub Eropa membuat publik menaruh harapan pada Edy Maulana Vikri.

Muhammad Rafli

Pemain Timnas Indonesia U-22, Muhammad Rafli, mengamati rekannya saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Senin (7/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Muhammad Rafli menjadi satu di antara penyerang yang dibawa Indra Sjafri untuk menghadapi Iran. Laga ini jadi kesempatan buat Rafli untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dan kelayakan mengisi lini depan Timnas Indonesia U-22.

Selama ini, penyerang utama Timnas Indonesia U-22 dikenal kurang garang. Sosok pemecah kebuntuan biasanya berasal dari sektor sayap sehingga Rafli harus mampu meyakinkan Indra Sjafri untuk layak membawanya ke SEA Games 2019.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Aning Jati, Published 13/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bom Bunuh Diri di Medan, Polisi dan Warga Terluka

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bom bunuh diri yang meledak di Mapolresta Medan, Sumatera Utara menyebabkan 4 polisi, 1 petugas harian, dan 1 warga terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aming Ungkap Kondisi Terkini Ria Irawan

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kondisi Ria Irawan baru-baru ini dikabarkan menurun.

Hal itu dibenarkan beberapa sahabat yang telah menjenguk Ria Irawan. Salah satunya, Aming.

Aming mengatakan, Ria Irawan tengah menjalani beberapa program pengobatan.

Hal itu disampaikan Aming saat menghadiri acara pembacaan nominasi Festival Film Indonesia 2019, di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Proses Radiasi Lancar

Ria Irawan. (Instagram @riairawan)

"Kita memang fokus ke kesehatannya. Sudah beberapa kali menengok. Terakhir, kan dia sudah proses radiasi. Alhamdulillah berjalan lancar. Selanjutnya dia lagi (menjalani) kemoterapi. Kayaknya sekarang sudah selesai juga," kata Aming kepada Showbiz Liputan6.com.

Kondisi Kurang Baik

Ria Irawan (Foto: Instagram/@mayk_wongkar)

Hanya, Aming enggan berbicara lebih jauh mengenai detail kondisi Ria Irawan.

"Cuma sekarang kondisinya agak kurang baik. Gue enggak bisa ngomong kondisinya lagi drop apa gimana karena bukan kapasitas gue untuk ngomong," sambung bintang film Doa Yang Mengancam.

Kembali Jenguk Ria Irawan

Penampilan komedian dan pemeran Aming sering kali membuat menjadi perbincangan. Belum lama ini, mantan suami Evelyn itu berdandan seperti perempuan. Sontak saja warganet pun menjadi heboh. (Instagram/psychodiva2016)

Dalam waktu dekat, Aming berencana untuk kembali menjenguk Ria Irawan.

"Dan yang pasti gue, sih sudah ada niatan. Kalau enggak lusa, beberapa hari lagi menengok ke sana," Aming menukas.

Semangat Untuk Ria

Aming [foto: instagram/psychodiva2016]

Dengan begitu, Aming berharap bisa memberi dukungan agar Ria Irawan bersemangat untuk sembuh dari kanker.

"Tapi kita selalu support dia, visit dia, menyemangati dia. Enggak pernah lepas dari pengawasan kita, lah istilahnya," Aming mengakhiri perbincangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Izinkan Pengguna Matikan Tanda Notifikasi Merah di Aplikasi

Posted: 12 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Facebook menghadirkan perubahan yang banyak ditunggu oleh penggunanya.

Jejaring sosial terkemuka tersebut kini mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan tanda notifikasi merah yang biasa muncul di aplikasi mobile mereka. Hal ini dilakukan untuk membuat pengguna tak terganggu notifikasi yang masuk.

Pasalnya selama ini, tiap notifikasi mulai dari aktivitas di Grup, unggahan di wall, sampai ke Marketplace semuanya menampilkan titik merah pada tab Notifikasi sehingga hal ini bisa sangat mengganggu pengguna.

Mengutip laman Tech Crunch, Rabu (13/11/2019), pengguna kini bisa mengontrol tanda merah ini melalui tab Notifikasi.

"Kami menggulirkan bar kontrol navigasi untuk memudahkan pengguna terhubung dengan hal-hal yang mereka sukai dan mengontrol notifikasi yang diterima di aplikasi Facebook," kata seorang juru bicara Facebook.

Pada Juli 2018, Facebook menyebut bakal mulai mempersonalisasi bilah navigasi berdasarkan hal yang paling sering dipakai.

Namun, bilah-bilah navigasi Facebook tampaknya bertujuan memprosikan fitur-fitur populer di Facebook, misalnya Marketplace--yang jarang dipakai--ketimbang fitur Event.

Cara Ubah Setting-an

Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)

Untuk menggunakan opsi Shortcut Bar Setting, pengguna bisa meng-tap dan tahan tiap shortcut (pintasan) di bilah navigasi yang ada di bagian paling bawah homescreen Facebook di iOS dan Android.

Pengguna kemudian bisa melihat ada menu pop-up yang bisa dipakai untuk menghapus seluruh tab-nya atau menonaktifkan hanya tombol merah notifikasi.

Pengguna juga dapat menemukannya di menu titik tiga kemudian pilih More > Setting & Privacy > Setting > Shortcut dan menemukan berbagai kemampuan untuk menonaktifkan Marketplace, Group, Events, dan Pages.

Diketahui oleh Engineer Terkemuka

Ilustrasi Facebook. Dok: theverge.com

Sebelumnya, reverse engineer terkemuka Jane Manchun Wong menemukan protitipe ini, termasuk Notification Dots di menu setting-nya.

Seorang juru bicara Facebook mengakui, pengguna perlu memiliki kemampuan untuk beristirahat dari notifikasi di aplikasi mereka.

"Facebook hendak memberikan kontrol lebih ke pengguna untuk bisa mengatur mana yang relevan untuk mereka dan mana yang tidak," kata juru bicara tersebut.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hillary Clinton Didesak Maju Pemilu AS 2020 Lawan Donald Trump

Posted: 12 Nov 2019 08:58 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Hillary Clinton mengatakan bahwa dirinya berada "di bawah tekanan hebat" untuk kembali maju dalam pemilihan pemimpin Gedung Putih dan kembali bersaing dengan mantan rivalnya, Donald Trump pada 2020 mendatang.

Dilansir dari BBC, Rabu (13/11/2019), mantan calon presiden usungan partai Demokrat itu menolak untuk mengesampingkan tawaran tersebut. Ia mengatakan pada BBC: "Never say never," yang mengisyaratkan bahwa dirinya tak mau melewatkan tawaran tersebut.

Sejauh ini 17 wakil Partai Demokrat sudah berlomba untuk menduduki kursi pemimpin AS pada tahun 2020.

Istri mantan presiden Bill Clinton yang kini berusia 72 tahun itu mengatakan bahwa selama ini ia selalu berpikir "presiden seperti apa dia saat ini jika menang pada pemilu 2016 lalu."

Berbicara kepada BBC Radio 5 Live's Emma Barnett saat berada di Inggris pada acara tur bukunya, Hillary ditanya apakah dia akan maju lagi pada pemilu selanjutnya. 

"Saya berpikir selama ini tentang presiden seperti apa saya akan menjadi. Saya pasti sudah melakukan hal yang berbeda dan pastinya berarti bagi negara dan dunia," ujar ibu negara AS pertama tersebut.

"Tentunya saya selalu berpikir tentang itu (maju untuk pemilu lagi). Siapapun yang menang dalam pemilu selanjutnya memiliki tugas besar untuk merapikan apa yang selama ini telah rusak," tambah Hillary.

Hillary juga menambahkan bahwa dirinya berada di bawah tekanan dari banyak pihak untuk kembali maju dalam pemilu 2020.

Namun, ia tidak menjelaskan banyak hal terkait pihak mana saja yang memberi tekanan padanya untuk mengadakan kampanye sebagai presiden untuk ketiga kalinya.

Siapa Saja Saingan Donald Trump?

Donald Trump melambaikan tangan dalam kampanye perdana pencalonan dirinya dalam pemilu presiden AS 2020. (AFP Photo)

Kerentanan yang dialami oleh calon presiden paling awal, Joe Biden ternyata mendorong mantan Wali Kota New York, Michael Bloomberg untuk ikut mengambil langkah dalam proses pemilihan umum 2020.

Sedangkan, mantan Gubernur Massachussets, Deval Patrick yang merupakan kawan dekat mantan Presiden Barack Obama juga dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk ikut turut serta dalam pemilihan.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa Warren dan Biden adalah yang terdepan, sementara Sanders juga merupakan pesaing yang cukup populer.

Banyak kandidat lainnya yang relatif tidak dikenal dalam lingkungan Washington D.C.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 2 Direktur Utama PTPN Diperiksa KPK Terkait Kasus Suap Distribusi Gula

Posted: 12 Nov 2019 08:55 PM PST

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI, Gede Meivera bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Gede diperiksa terkait dengan kasus dugaan suap distribusi gula di holding PT Perkebunan Nusantara III pada 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI, Gede Meivera bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Gede diperiksa terkait dengan kasus dugaan suap distribusi gula di holding PT Perkebunan Nusantara III pada 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PTPN  X, Dwi Satriyo Annurogo saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Dwi Satriyo diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan suap distribusi gula yang juga mantan Direktur Pemasaran PTPN III I Kadek K. Laksana(merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Dwi Satriyo diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan suap distribusi gula yang juga mantan Direktur Pemasaran PTPN III I Kadek K. Laksana(merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT Perkebunan Nasional (PTPN)  X, Dwi Satriyo Annurogo bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Gede diperiksa terkait dengan kasus dugaan suap distribusi gula di holding PT Perkebunan Nusantara III pada 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT Perkebunan Nasional (PTPN) X, Dwi Satriyo Annurogo bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Gede diperiksa terkait dengan kasus dugaan suap distribusi gula di holding PT Perkebunan Nusantara III pada 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PTPN XI, Gede Meivera Utama berada di ruang tunggu Gedung KPK sebelum pemeriksaan di Jakarta, Rabu (13/11/2019). Gede diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan suap distribusi gula yang juga mantan Direktur Pemasaran PTPN III I Kadek K. Laksana. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PTPN XI, Gede Meivera Utama berada di ruang tunggu Gedung KPK sebelum pemeriksaan di Jakarta, Rabu (13/11/2019). Gede diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan suap distribusi gula yang juga mantan Direktur Pemasaran PTPN III I Kadek K. Laksana. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI, Gede Meivera Utama (kemeja putih) bersama Direktur Utama PT Perkebunan Nasional (PTPN)  X, Dwi Satriyo Annurogo duduk di ruang tunggu saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI, Gede Meivera Utama (kemeja putih) bersama Direktur Utama PT Perkebunan Nasional (PTPN) X, Dwi Satriyo Annurogo duduk di ruang tunggu saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahok Siap Jadi Direksi BUMN

Posted: 12 Nov 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thajaja Purnama (Ahok) melakukan pertemuan dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (13/11/2019).

Datang berkemeja batik cokelat gelap, Ahok mengaku ditawari untuk menduduki posisi di salah satu BUMN. Dirinya mengaku siap akan hal itu.

"Kalau buat negara, ya, saya mau. Apa saja untuk negara, saya mau," ujarnya singkat saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (13/11/2019).

Meski demikian, Ahok sendiri belum tahu akan ditunjuk menjabat apa dan BUMN mana.

Perihal penetapan dirinya masuk BUMN, Ahok menyatakan kemungkinan hal itu dilakukan Desember mendatang.

"Untuk itu (waktu), saya nggak tahu, mungkin Desember. Nanti tanya pak Menteri, ya," ujarnya.

Sementara, pertemuan bersama Menteri BUMN dilakukan selama sekitar 1,5 jam, dari pukul 09.38 WIB hingga pukul 10.50 WIB.

Erick Thohir Fokus Benahi BUMN yang Sakit

Pemilik Satria Muda, Erick Thohir, memberikan sambutan saat peluncuran film 25 tahun Satria Muda di XXI Epicentrum, Jakarta, Kamis (15/11). Peluncuran ini dalam rangka peringatan hari jadi SM yang ke-25 tahun. (Bola.com/Yoppy Renato)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan melakukan pembenahan internal BUMN sebagai fokus kerjanya.

Erick menyatakan, BUMN bisa menjadi lokomotif bersaing di luar negeri jika sudah berbenah dari dalam terlebih dahulu.

"Target kerja nanti ada beberapa tahun ke depan, yang penting sekarang BUMN fokus kepada hal yang hari ini dibutuhkan, yaitu lebih banyak di dalam negeri. Banyak hal yang harus diperbaiki saat ini," ujarnya di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Erick mengakui, banyak BUMN yang harus "disembuhkan" dari "penyakitnya", seperti PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Krakatau Steel (Persero) dan lainnya. Dalam hal ini, pembenahan direksi jadi hal yang penting dalam menyehatkan BUMN tersebut.

Seluruh pengangkatan jajaran direksi, lanjut dia, harus ditentukan melalui TPA (Tim Penilai Akhir). Hal ini sesuai dengan arahan Presiden untuk memastikan direksi dan komisaris BUMN memiliki integritas.

"Banyak sekali direksi komisaris BUMN yang sangat bagus, tetapi sekarang kita dorong agar lebih profesional, lebih transparan dan karena itu TPA akan dijalankan, sudah berjalan sebenarnya," imbuh Erick.

Untuk prosesnya sendiri, penentuan TPA akan berjalan seiring direksi dan komisaris bekerja. "Masa orang dicopot-copotin orang lagi pada kerja. Biarkan para direksi dan komisaris BUMN bekerja secara semangat, kita juga support dari Kementerian BUMN," tuturnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Jokowi Hadiri Rakornas Indonesia Maju

Posted: 12 Nov 2019 08:54 PM PST

Presiden Joko Widodo (tengah) saat tiba pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo (tengah) saat tiba pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo usai memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo usai memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) usai memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) usai memberikan pidato pada Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Forum ini untuk mensinergikan program-program pemerintah pusat dengan daerah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendobrak Keterisoliran Pendidikan di Tampur Paloh Aceh Timur

Posted: 12 Nov 2019 08:52 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Banjir 2006 merupakan momen tak terlupakan bagi warga Desa Tampur Paloh Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Pasalnya, di tahun itu desa mereka sempat hilang terendam banjir karena meluapnya aliran sungai Aceh Tamiang. Para penduduk terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih tinggi. Meskipun daerah itu terisiolasi dari akses jalan darat.

Pindah menuju tempat yang terisolasi bukanlah hal yang mudah, terutama bagi anak-anak di sana. Mereka terpaksa kesulitan untuk mengakses pendidikan. Desa yang masuk wilayah terdepan, terluar dan terpencil ini, pada saat itu sama sekali tidak memiliki fasilitas pendidikan selevel SMP maupun SMA. Hal ini membuat tingkat pendidikan masyrakat di sana begitu rendah pada saat itu.

Masyarakat tidak mampu memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan anaknya usai lulus SD. Mereka yang lebih beruntung harus menyeberangi sungai dengan jarak sekitar dua jam perjalanan untuk bersekolah di SMP maupun setara SMA. Hal itu jugalah yang akhirnya membuat banyak anak di sana menikah secara dini.

Melihat kondis itu, batin Ali Muda Tinendung tergerak. Ia merasa harus berbuat sesuatu bagi anak-anak di Desa Tampur Paloh. Akhirnya dengan tekad yang kuat, ia bersama teman-temannya membangun SMP Merdeka yang merupakan SMP pertama dalam satu kecamatan.

Awalnya ia bergabung dengan tim respons darurat bencana banjir di sana. Usai banjir, di tempat relokasi yang baru, Ali bertugas sebagai tim pendampingan anak-anak korban bencana banjir. "Jadi ngobrol-ngobrol terbentuklah kelompok diskusi. Setelah 6 bulan baru muncul kepikiran sekolah," kata Ali.

Pikiran ini didasari atas kekhawatiran orang tua anak-anak saat itu untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Karena kata Ali, ibu dari anak-anak waktu itu merasa khawatir bagaimana nasib anak mereka setelah mengenyam pendidikan SD, kalau belum ada jenjang di atas SD di daereh mereka.

"Berdirilah sekolah ini, tanpa gedung ini. Kami sekolah di mana-mana, di pinggir sungai," kata dia.

Dalam prosesnya, Ali yang merupakan kepala sekolah pertama SMP Merdeka mengaku dana opersional sekolah dibiayai secara patungan. Karena belum ada dana bantuan dari pemerintah. Urunan pun hanya terbatas pada para guru saja.

SMP Merdeka merupakan sekolah menengah yang sampai saat ini masih paling terisolir karena letaknya yang amat jauh ke arah hulu sungai. Posisi Desa Tampur Paloh memang begitu sulit diakses, wilayah sekitar yang masih dikelilingi bentangan perbukitan serta hutan lebat membuat satu-satunya akses menuju wilayah ini ialah melalui sungai Aceh Tamiang. Ibu kota kecamatan sendiri berada lebih ke hilir aliran sungai yang otomatis lebih mudah dijangkau.

Ali beserta kawan-kawannya memang berkomitmen untuk tidak mengambil iuran kepada para siswa. Namun saat kali pertama mendafatrakan diri sebagai siswa, pihaknya meminta para murid untuk membawa selembar papan kayu dan satu tiang.

Hal ini karena Ali melihat hanya kayu yang mudah didapat di desa itu bagi seluruh warga. "Itu yang paling mungkin mereka kasihkan," ucap Ali.

Ali mengakui kondisi masyarakat di sana begitu memprihatinkan, bahkan hanya untuk sekedar makan. Di musim panen seperti ini mereka makan tiga kali sehari, tapi jika musim paceklik bisa hanya dua kali saja sehari.

Karena melihat animo yang begitu besar akan pendidikan, akhirnya Ali dan kawan-kawannya berembuk bersama warga desa untuk membuat sekolah setingkat SMA yakni Madrasah Aliyah (MA). Mereka membentuk MA di sana pada 2016 dan saat ini sudah meluluskan satu angkatan.

Beruntung, MA di sana mendapatkan bantuan pebangunan gedung dari Kemenetrian Agama (Kemenag) dan juga Pertamina. Sedangkan SMP sendiri saat ini telah mempunyai gedung yang dibangun secara swadaya.

"Gedungnya balai-balai gitu, tidak berdinding," kata Ali.

Gedung yang masih dibangun dari kayu itu kurang tepat jika disebut gedung. Lebih pas disebut sebagai panggung kayu karena tidak memiliki tembok sebagai pelindung anak-anak saat belajar dari angin maupun semprotan air hujan.

Para murid juga tidak memiliki ruang kelas. Mereka disatukan dalam satu rombongan belajar (rombel) di panggung tersebut.

Perjuangan para murid di sana juga lebih berat, pasalnya Desa Tampur Paloh belum dialiri listrik sampai saat ini. Ali mengatakan, baru-baru ini PLN memasang infrstuktur listrik, namun belum beroperasi.

Anak-anak setiap malam hanya bisa belajar menggunakan penerangan dari lampu minyak. "Yang pake minyak tanah itu, minyak tanah gak ada lagi pake solar, ya item," canda Ali diikuti gelak tawa.

Karena tidak tersediannya listrik, maka satu-satunya informasi yang dapat diperoleh oleh para murid ialah melalui buku. Atau sesekali Ali mengunduh video dari YouTube terkait materi pelajaran yang berhubungan.

Pria kelahiran 24 November 1974 itu mengaku, selama masa mengabdi di sana salah satu kesulitan paling berat dihadapi di sana adalah mengenai meyakinkan para orang tua agar anaknya bisa sekolah. Karena meskipun ada peningkatan animo, tapi progresnya sangat kecil.

"Sudah besar (animonya) kalau dibanding dengan dulu, karena dulu kan hunting. Tapi kadang-kadang kalau musim panen dikorbankan sekolah untuk kepentingan lain," kata Ali.

Banyak yang bertanya mengenai keputasan besar yang diambil Ali untuk mengabdi di Tempur Paloh. Kkata dia, hal itu demi bermanfaat bagi sesama. Bagi Ali hidup akan kosong bila kita tidak bermanfaat bagi orang lain.

"Khoirunnas anfauhum linnas (Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain)," ucap dia.

 

Pernikahan Dini

Foto: Liputan6/Istimewa

Ali juga mengisahkan di daerah itu marak akan pernikahan dini. Menurut dia, hal itu bagaikan bagian dari budaya di Desa Tampur Paloh.

Pernikahan dini begitu marak disebabkan masa pendidikan anak-anak di sana sejak dahulu begitu rendah. Usia mengenyam SD, anak-anak di sana kerap dinikahkan oleh kedua orang tuanya. Bahkan kata Ali ada anak yang masih kelas lima SD sudah dijodohkan oleh kedua orang tuanya.

Ia sendiri mengaku sudah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untu membendung itu. Namun karena sedah membudaya, Ali mengaku kesulitan. Oleh karenanya ia hanya melakukan imbuan agar pernikahan dilakukan mana kala sang anak sudah matang, baik secara fiksi maupun psikologis.

"Siap secara fisik, siap secara mental dan siap menjadi orang tua. Artinya kan sama juga kalimat itu yaudah cepat-cepat aja (nikah) tapi sekolah dulu gitu," selorohnya.

Berangkat dari pelbagai permasalahan tersebut, PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field terut membantu Ali dan kawan-kawannya untuk membangun pendidikan anak-anak di Tampur Paloh.

Menurut Arsy Rakhmanissazly selaku CSR Staff PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, pihaknya memang mempunyai keinginan untuk mengembangkan wilayah tersebut. Pertamina turut membantu Ali serta kawannya sejak 2016. Saat itu, Pertamina ikut membangun fasilitas sanitasi di sana.

"2018 kita kembangkan fasilitas perpustakan, buku-bukunya. Sama kebun sekolah. Di 2019 ini kita bantu 8 fundrising-nya," kata Arsy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Manfaat Sawo untuk Kesehatan, Bisa Kuatkan Tulang

Posted: 12 Nov 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sawo merupakan buah tropis yang dapat ditemui di Indonesia. Buah sawo berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Karibia. Sawo memiliki aroma manis dengan kulitnya yang cokelat. Daging buahnya bertekstur kasar, berair, dan rasanya yang kuat.

Di balik rasanya yang manis dan khas, sawo memiliki berbagai manfaat kesehatan. Manfaat sawo dikemas dengan nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh. Selain lezat, buah ini mudah dicerna dan mampu memberi energi dengan cepat.

Sawo memiliki sejumlah nutrisi penting. Buah ini mengandung sejumlah besar vitamin A, B dan C. Sawo juga sumber mineral yang baik seperti tembaga, niasin, zat besi, kalsium dan fosfor. Dengan kombinasi nutrisi sehat ini, manfaat sawo mampu mencegah penyakir dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Sawo mudah ditemukan dan dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus. Berikut manfaat sawo bagi kesehatan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(13/11/2019).

Stabilkan tekanan darah

Stabilkan tekanana darah (Ilustrasi/iStockphoto)

Cegah anemia

Manfaat sawo mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia zat besi. Tingkat kekurangan mineral esensial seperti zat besi dapat berkontribusi pada kondisi kesehatan yang serius seperti anemia. Kekuarang zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan pusing. Mengonsumsi sawo bisa meningkatkan sel darah merah dan menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan secara efektif.

Sehatkan tekanan darah

Magnesium dalam sawo menjaga pembuluh darah tetap beroperasi, dan kalium mengatur tekanan dan sirkulasi darah. Selain itu sawo dikenal karena sifat hemostatiknya, yaitu menghentikan kehilangan darah.

Tingkatkan fungsi pengelihatan dan tulang

Tulang Kuat (sumber: iStockphoto)

Baik untuk pengelihatan

Sawo mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A membantu dalam meningkatkan penglihatan di semua umur. Konsumsi sawo secara teratur dapat menunda penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula. Manfaat sawo menjadi sumber alami vitamin A yang lebih baik dari suplemen.

Sehatkan tulang

Sawo memiliki jumlah kalsium yang berlimpah yang membantu memperkuat dan meningkatkan kualitas tulang. Jumlah tambahan kalsium, fosfor dan zat besi dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahan mereka. Sawo juga kaya akan zat besi dan fosfor. Mengonsumsi sawo merupakan sumber yang bagus untuk menguatkan tulang. Ini dapat mencegah osteoporosis dan mendukung pertumbuhan tulang pada anak. Sawo juga baik untuk menjaga gigi dari lubang dan kerusakan lainnya.

Dukung kekebalan dan detoksifikasi tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh. (Ilustrasi: istock)

Cegah peradangan dengan tingkatkan kekebalan

Sawo memiliki kandungan tanin yang tinggi. Senyawa ini berfungsi sebagai anti-inflamasi alami. Sawo dapat mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Vitamin C dalam sawo meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Efek ini berguna untuk membersihkan radikal bebas berbahaya. Manfaat sawo membantu mencegah efek virus, bakteri, dan parasit dalam sistem organ internal.

Mendektoksifikasi tubuh

Manfaat sawo bertindak sebagai diuretik dan dengan demikian membantu menghilangkan bahan limbah dari tubuh. Sawo mencegah edema atau retensi air dengan mempertahankan konsentrasi air di dalam tubuh. Selain kaya akan serat makanan, vitamin A dan B, dan C, sawo juga dikemas dengan anti-oksidan. Karena adanya antioksidan polifenolik, sapota ditemukan memiliki beberapa sifat anti-virus, anti-parasit dan anti-bakteri.

Hilangkan stress dan dukung kesehatan ibu hamil

Ilustrasi ibu hamil  (iStock)

Bantu Hilangkan stres

Manfaat sawo adalah obat penenang yang sangat efektif yang melemaskan saraf dan mengurangi stres. Sawo memiliki konsentrasi tinggi Vitamin B yang mengurangi stres dan membantu mengatasi kelelahan. Sifat penenang pada sawao ini efektif mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Sawo juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko insomnia.

Baik untuk ibu hamil

Sawo dikemas dengan elektrolit, Vitamin A dan karbohidrat yang baik untuk ibu hamil. Sawo juga bisa membantu mengatasi morning sickness dan pusing. Sawo juga membantu dalam produksi kolagen dan mencegah gangguan lambung. Serat sehatnya juga membantu mencegah sembelit selama masa kehamilan.

Sumber energi

Sawo kaya akan glukosa yang memberikan energi instan ke tubuh. Fruktosa dan sukrosa membantu memulihkan energi dan merevitalisasi tubuh secara instan. Sawo juga mengandung karbohidrat yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Orang yang perlu meningkatkan energi dengan cepat disarankan untuk mengonsumsi sawo.

Sehatkan pencernaan

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Dukung pencernaan sehat

Vitamin C pada sawo menghancurkan radikal bebas berbahaya sedangkan potasium, zat besi dan folat, niasin dan asam pantotenat memfasilitasi berfungsinya sistem pencernaan dengan baik.

Cegah sembelit

Manfaat sawo menyediakan jumlah serat makanan yang tinggi. Ini bisa menjadi agen pencahar alami yang baik. Kandungan serat mampu melancarkan BAB yang tidak lancar. Ini juga mendukung membran usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.

Mengobati gangguan lambung dan usus

Sawo mengandung senyawa khusus yang disebut tanin, polifenol yang terbentuk secara alami yang menetralkan asam dengan mengendapkan protein. Tanin juga memiliki sifat anti-parasit, anti-inflamasi antivirus dan antibakteri. Sifat anti-inflamasi mencegah masalah kesehatan seperti gastritis dan gangguan usus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Bunuh Diri Serang Polresta Medan, Polisi Klaim Jalankan Pengamanan Sesuai SOP

Posted: 12 Nov 2019 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bom bunuh diri meledak di halaman Mapolresta Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 08.45 WIB. Meski begitu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa SOP pengamanan sesungguhnya sudah dilakukan dengan baik saat bom bunuh diri itu terjadi.

"Kejadian tersebut cukup mengejutkan. Namun SOP pengamanan mako di seluruh polres polda sudah dilakukan dengan sangat baik," tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Dia menegaskan, seluruh masyarakat yang masuk area mako polri saat pagi hari itu telah melalui upaya strelisasi. Yakni seperti penggeledahan, pemeriksaan fisik, maupun memeriksa barang bawaan.

"Tidak mengurangi pelayanan masyarakat," ungkapnya.

Saat ini, pihak kepolisian juga masih mendalami kejadian bom bunuh diri tersebut. Menurut Dedi, identitas pelaku akan segera diketahui jika sidik jari berhasil diambil dengan baik.

Dengan begitu, pencarian identitas pelaku melalui e-KTP yang terkoneksi pada database Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dapat dilakukan.

"Saat ini Densus 88 dan Inafis, labfor melakukan olah TKP untuk memastikan identitas pelaku," ucapnya.

"Kemudian apakah pelaku jaringan JAD atau lone wolf, semua masih berproses," lanjut Dedi. 

6 Korban Luka

Dedi menambahkan, akibat kejadian ini terdapat 6 korban luka-luka. Beberapa kendaraan pun juga mengalami kerusakan.

"6 luka. 4 anggota polri, 1 PHL (pekerja harian lepas), 1 masyarakat. Sedangkan kerusakan ada 4 kendaraan, 3 milik dinas, 1 pribadi," katanya.

Meski begitu, Dedi menyebutkan bahwa situasi dan kondisi di Mapolresta Medan saat ini sudah kondusif. Penjagaan dari brimob turut dilakukan.

Bom bunuh diri itu sendiri meledak sekitar 30 meter dari kantin yang ada di lokasi, dimana terdapat sentral pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di dekat kantin tersebut. Akibat kejadian ini, pelayanan SKCK tetap dilakukan meski terbatas.

"Dan juga dialihkan ke polsek-polsek setempat," tutur Dedi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Bunuh Diri Medan, Pelayanan SKCK Dialihkan ke Polsek-Polsek

Posted: 12 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bom bunuh diri meledak di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 08.45 WIB. Ledakan terjadi saat banyak masyarakat mengurus pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, situasi di Mapolretasbes Medan sudah kondusif pasca-ledakan bom bunuh diri. Kendati, pelayanan masyarakat seperti pembuatan SKCK dialihkan ke polsek-polsek di Kota Medan.

"Pelayanan masyarakat untuk SKCK tetap dilakukan pelayanan meski terbatas dan juga dialihkan ke polsek-polsek setempat," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta.

Saat ini, aparat kepolisian bersenjata lengkap masih berjaga-jaga di sekitar Mapolrestabes Medan. Sementara tim Densus 88 Antiteror Polri tengah mengidentifikasi pelaku dan mengusut teror bom bunuh diri tersebut.

"Densus 88 dalam hal ini terus bekerja melakulan upaya pencegahan ancaman terorisme yang akan terjadi," tutur Dedi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Kembali Periksa Penyuap Bupati Indramayu

Posted: 12 Nov 2019 08:45 PM PST

Swasta penyuap Bupati Indramayu Supendi, Carsa AS berjalan akan menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Carsa AS diperiksa terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Swasta penyuap Bupati Indramayu Supendi, Carsa AS berjalan akan menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Carsa AS diperiksa terkait pengaturan proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Swasta penyuap Bupati Indramayu Supendi, Carsa AS berjalan akan menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Carsa AS diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Indramayu, Supendi mendalami aliran dana suap. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Swasta penyuap Bupati Indramayu Supendi, Carsa AS berjalan akan menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2019). Carsa AS diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Indramayu, Supendi mendalami aliran dana suap. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Swasta penyuap Bupati Indramayu Supendi, Carsa AS mengenakan rompi tahanan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/11/2019). Carsa AS diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Indramayu, Supendi mendalami aliran dana suap. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Swasta penyuap Bupati Indramayu Supendi, Carsa AS mengenakan rompi tahanan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/11/2019). Carsa AS diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Indramayu, Supendi mendalami aliran dana suap. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Swasta penyuap Bupati Indramayu Supendi, Carsa AS mengenakan rompi tahanan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/11/2019). Carsa AS diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Indramayu, Supendi mendalami aliran dana suap. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Swasta penyuap Bupati Indramayu Supendi, Carsa AS mengenakan rompi tahanan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/11/2019). Carsa AS diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Indramayu, Supendi mendalami aliran dana suap. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahok Duduki Jabatan Direksi BUMN Paling Lambat Desember 2019

Posted: 12 Nov 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendatangi kantor Kementerian BUMN pada Rabu ini. Bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Ahok mengaku mendapat tawaran posisi direksi di salah satu BUMN.

Lebih lanjut, dirinya memperkirakan kemungkinan akan menduduki jabatan tersebut paling lambat bulan depan atau pada Desember 2019.

"Untuk waktunya, saya enggak tahu, mungkin Desember, nanti tanya Pak Menteri, ya," ujarnya usai ditemui awak media di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (13/11/2019).

Perihal jabatan dan penempatan BUMN, Ahok mengaku belum mengetahui hal tersebut. Yang pasti, dirinya siap jika diminta bergabung ke BUMN untuk membantu negara.

"Saya kalau buat negara, ya, saya mau. Apa aja untuk negara saya mau," imbuhnya.

Ahok sendiri datang dengan mobil hitam Land Cruiser berplat B 1171 BH. Pantauan Liputan6.com, Ahok datang pukul 09.38 WIB dan keluar pukul 10.50 WIB.

Antasari dan Ahok Blak-Blakan Soal Kabar Bakal Jadi Dewan Pengawas KPK

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok menyambangi kantor Kementerian BUMN, Rabu (13/11/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan akan segera menunjuk anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tidak melalui panitia seleksi. Nama calon pun bermunculan di antaranya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Antasari Azhar.

Terkait hal ini, Antasari angkat bicara. Dia menegaskan belum pernah mendapatkan kabar terkait dirinya akan dipilih menjadi Dewan Pengawas KPK.

"Tidak pernah ditawarin dan belum pernah ditanya juga. Mungkin dinilai tidak cocok duduk sebagai Dewas KPK," kata Antasari kepada Liputan6.com, Rabu (6/11/2019).

Saat ditanya, jika seumpama ditawari apakah bersedia menduduki jabatan tersebut? Dia hanya menuturkan.

"Tentang jabatan kita tidak bisa berandai-andai dan berumpama," pungkas Antasari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Riau Perketat Penjagaan Usai Bom di Polrestabes Medan

Posted: 12 Nov 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Penjagaan Markas Komando Kepolisian Daerah Riau dan jajaran, mulai dari Polresta, Polres, Polsek hingga asrama dijaga ketat. Hal ini menyikapi insiden bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatra Utara pada Rabu (13/11/201) pukul 08.45 WIB.

Baik itu pintu masuk maupun gerbang keluar di Mako yang ada di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru itu, dijaga personel bersenjata api. Mereka juga dibekali dengan rompi anti peluru.

"Kita perketat penjagaan Mako dan asrama. Kapolda juga memerintah penjagaan ketat di Polres dan Polsek, " kata Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto.

Selain memperketat penjagaan kantor, Kapolda Riau Irjen Agung Setya juga Mako meminta seluruh personel Polri meningkatkan kewaspadaan saat bertugas di lapangan.

"Tidak ada anggota yang bekerja sendirian di lapangan. Saling mengawasi," ujarnya.

Meski pengawasan diperketat, Sunarto memastikan bahwa anggota Polri tetap melaksanakan tugas dan menjaga keamanan ketertiban masyarakat dan pelayanan sebagaimana biasa.

Ledakan bom bunuh diri terjadi di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11/2019) pagi tadi. Akibat ledakan ini, enam orang terluka.

Sementara itu, pascaledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, polisi melakukan identifikasi di seputaran lokasi untuk melakukan pemeriksaan.

Identifikasi bukan hanya di dalam Mako Polrestabes Medan, namun juga dilakukan di sejumlah lokasi di luar. Warung-warung yang berada di seberang jalan depan Mako Polrestabes Medan juga dilakukan identifikasi.

 

Masyarakat Diminta Tetap Tenang

Polisi memeriksa jenazah seorang yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019). Pelaku bom bunuh diri mengunakan atribut ojek online dan meledakkan diri di sekitar kantin Mapolrestabes Medan. (ALBERT

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan melaksanakan aktivitas sebagaimana biasa.

"Segera laporkan kepada petugas bila ada yang mencurigakan," ujarnya.

 Polda Rian pernah mendapat serangan teroris pada Rabu pagi 16 Mei 2018. Sekitar pukul 09.00 WIB, mobil yang ditumpangi komplotan terduga teroris menerobos masuk melalui gerbang sebelah utara, menabrak sejumlah anggota polisi yang sedang berjaga di pintu masuk Mapolda Riau.

Seorang anggota Provost Polda Riau terkapar dan seorang wartawan terluka akibat insiden tersebut. Kabid Humas Polda Riau AKBP Sunarto menyatakan, satu polisi tewas akibat kejadian tersebut. Selain itu, dua anggota Polri lainnya terluka.

Empat teroris tewas ditembak aparat dalam penyerangan tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: LA Lakers Jinakkan Phoenix Suns

Posted: 12 Nov 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles Lakers berhasil bangkit usai kalah dari Toronto Raptors. Lakers membungkam tuan rumah Phoenix Suns 123-115 pada laga lanjutan NBA di Talking Stick Resort Arena, Rabu (13/11/2019) pagi WIB.

Pertemuan Lakers dengan Suns berlangsung seru sejak awal. Kedua tim silih berganti memimpin. Kuarter pertama menjadi milik Suns dengan skor 29-26.

Lakers bangkit di kuarter dua dengan membuat 34 angka berbanding 29 sehingga saat jeda babak pertama berhasil memimpin dua angka.

Paruh kedua berlangsung lebih seru. Suns membuat delapan angka beruntun di awal kuarter empat sehingga berbalik unggul setengah bola.

Setelah time-out, Lakers bisa kembali unggul dan menjauh berkat tiga tembakan tiga angka dari LeBron James dan Kyle Kuzma (dua kali).

 

Davis

Anthony Davis jadi bintang lapangan dengan meraih double-double 24 poin dan 12 rebound. LeBron James sendiri finis dengan 19 angka, 11 assists dan tujuh rebound.

Kuzma yang merupakan pemain cadangan juga memberikan kontribusi apik dengan 23 angka.

Di kubu Suns, Devin Booker dan Ricky Rubio sama-sama menghasilkan 21 angka, disusul Dario Saric dengan 18 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Terbaru Jefri Nichol Usai Divonis 7 Bulan Rehabilitasi

Posted: 12 Nov 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat kariernya sedang naik daun, model sekaligus aktor Jefri Nichol terseret kasus narkoba pada Juli 2019. Pemeran film Dear Nathan ini terbukti positif menggunakan narkoba jenis ganja. 

Setelah melalui proses panjang, Jefri pun menghadapi sidang putusan kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (11/11/2019). Bintang film Pertaruhan itu pun dinyatakan bersalah dan divonis 7 bulan rehabilitasi di RSKO Cibubur.

"Menyatakan terdakwa Jefri Nichol terbukti telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Jefri Nichol dengan pidana penjara selama 7 bulan menetapkan lamanya masa penangkapan tahanan dan masa rehabilitasi dikurangkan sebelumnya dari pidana yang dijatuhkan. Memerintahkan terdakwa menjalani sisa pidana melalui rehabilitasi di RSKO," ujar Majelis Hakim  pada Senin (11/11/2019)

Usai sidang, Jefri pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan kepadanya selama kasus hukum ini berjalan. Untuk diketahui, Jefri Nichol sempat menjalani masa tahanan selama beberapa pekan di Polres Metro Jakarta Selatan. Ia juga telah direhabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur sejak 9 Agustus 2019 silam

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas fakta menarik Jefri Nichol usai divonis 7 bulan rehabilitasi, Rabu (13/11/2019) 

 

 

1. Menerima Putusan

4 Fakta Jefri Nichol Usai Divonis 7 Bulan Rehabilitasi, Dilarang Indekos oleh Sang Ayah

Dalam sidang putusan kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (11/11/2019) silam.  Aktor kelahiran Jakarta itu pun dinyatakan bersalah dan divonis 7 bulan rehabilitasi di RSKO Cibubur.

Jefri Nichol menerima keputusan majelis hakim. Ia mengaku lega karena persidangan akhirnya usai, dan vonis hakim dinilai adil atau berimbang.

"Setelah aku konsultasi sama pengacara, aku terima aja. Lega, lega banget. Sesuai harapan, sudah cukup," kata Jefri Nichol usai sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

 

2. Dilarang Indekos oleh Sang Ayah

Naik 13 Kg Sejak Direhabilitasi, Ini 6 Potret Terbaru Jefri Nichol (sumber: KapanLagi.com)

Tak mau putranya terjerumus narkoba lagi, ayah Jefri Nichol, John Heri pun melarang putranya tinggal indekos setelah bebas dari hukuman. Jefri harus tinggal di rumah bersama keluarga. 

"Udah enggak boleh lagi. Itu sebetulnya bukan kosan Jefri. Tapi kosan perusahaan, ngasih. Kemarin sempat mau ikutin (memantau)" ungkap ayah Jefri Nichol.

Sang ayah mengungakpakan ia merasa kecolongan karena pergaulan sang anak luput dari pengawasan. "Ya kecolongan. Ke depannya pasti akan lebih hati-hati lagi," kata John Henri, saat ditemui di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (11/10/2019).

 

3. Meminta Rehabilitasi Rawat Jalan

Aktor yang sedang menjadi idola remaja, Jefri Nichol kembali menghiasi layar lebar yang akan mulai tayang pada 28 Desember mendatang. Jefry membintangi film berjudul Kisah Cinta untuk Starla. (Adrian Putra/Bintang.com)

JPU menjatuhkan tuntutan pada Jefri berupa hukuman rehabilitasi rawat inap selama 10 bulan. Dalam nota pembelaan, sang aktor meminta rehabilitasi rawat jalan.

Pria kelahiran 1999 ini mengajukan permohonan rehabilitasi rawat jalan karena ia ingin kembali bekerja. Terlebih karena sang aktor merasa bahwa dirinya adalah pengguna baru.

"Kalau bisa sih rehab jalan. Karena masih banyak hal yang harus dikerjakan. Banyak kerjaan yang harus dikerjakan," kata John Henri mengakhiri.

 

 

4. Menjalankan Hukuman Tiga Bulan Lagi

Aktor Jefri Nichol mengikuti sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019).  Dalam persidangan tersebut, Jefri Nichol dituntut jaksa 10 bulan penjara dikurangi masa penahanan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dalam sidang putusan, Jefri divonis 7 bulan rehabilitasi di RSKO Cibubur. Hukuman tujuh bulan tersebut akan dikurangi dengan masa tahanan dan rehabilitasi di RSKO yang telah dilewati Jefri Nichol sejak Juli 2019.

Dalam artian Jefri Nichol akan menjalani hukuman sekitar tiga bulan lagi dan Jefri pun akan bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala. 

"Kurang lebih 3 bulan dia bisa beraktifitas. Tapi kita akan usahakan. Sesuai peraturan menteri dia bisa rehabilitasi jalan setelah 3 bulan. Kita akan pelajari lagi," kata Aris Marasabessy selaku kuasa hukum Jefri Nichol yang ditemui usai sidang. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 komentar:

Nur Khomariyah mengatakan...

Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut