Senin, 11 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


10 Tempat Wisata di Sabang Terpopuler, Pantainya Indah Banget

Posted: 11 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Sabang sebagai kota paling barat di Indonesia menyimpan berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Apalagi letaknya di bagian paling utara Aceh membuatnya dikelilingi oleh laut. Tentunya hal ini membuatnya memiliki banyak pantai untuk dikunjungi. 

Sabang yang terletak di Pulau Weh ini memiliki beberapa pulau-pulau kecil yang tersebar di sisi utara dan barat dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesarnya. Bagi kamu pecinta pantai dan alam bawah laut, tentunya Sabang akan menjadi tempat yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Sabang memang didominasi oleh Pantai yang sangat indah. Tidak salah rasanya berbagai acara yang melibatkan pantai dan alam bawah laut sering diadakan di Sabang. Kamu akan takjub dengan keindahan Sabang yang tiada duanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019) tentang tempat wisata di Sabang

Pantai Iboih dan Pulau Rubiah

Keindahan Alam Bawah Laut Pulau Weh

Pantai Iboih

Tempat wisata di Sabang paling terkenal adalah Pantai Iboih. Bahkan, pantai yang satu ini bisa dibilang pantai yang jadi ikon Kota Sabang. Lokasinya hanya 30 menit dari pusat kota.

Situasi pantai dan ombak yang tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Alam bawah lautnya yang cantik juga jangan sampai dilewatkan begitu saja.

Kamu bisa menyewa penginapan di dekat pantai jika ingin menikmati alam pantai ini lebih lama. Berlibur ke tempat wisata di Sabang satu ini akan membuat kamu lupa penatnya aktivitas sehari-hari.

Pulau Rubiah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tempat wisata di Sabang memiliki berbagai pilihan, salah satunya adalah wisata pulau. Salah satu pulau yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Rubiah. Destinasi wisata yang bisa kamu temui di sini tidak lain adalah Taman Laut Rubiah yang menghadirkan pesona kekayaan alam bawah laut terindah di Sabang.

Meski tidak berpenghuni tapi sudah cukup banyak warung dan tempat penyewaan alat-alat snorkeling yang tersedia di sekitar pantainya. Untuk menuju ke sini kamu bisa menyeberang dari Pantai Iboih dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menit.

Dengan perairan seluas 2.600 hektare, Pulau Rubiah terkenal dengan taman lautnya yang menakjubkan. Beraneka tanaman terumbu karang terhampar luas yang dijadikan tempat tinggal ikan-ikan hias berwarna-warni.

Gua Sarang dan Pantai Anoi Itam

Gua Sarang ini terletak di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh (sumber: twitter Pesona Cahaya Aceh @aceh_disbudpar).

Gua Sarang

Gua Sarang ini sering disebut Raja Ampatnya Sabang. Tempat wisata di Sabang ini sejatinya merupakan gua yang menjadi sarang burung walet. Terdapat tujuh gua yang berlokasi di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung.

Ketujuh gua ini membentuk hamparan pulau-pulau yang berdiri di atas Pulau Weh dan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Pemandangan di sini tidak kalah dengan Raja Ampat dan pastinya tidak akan pernah bisa kamu lupakan.

Pantai Anoi Itam

Sesuai namanya, tempat wisata di Sabang ini memiliki pasir hitam. Asal muasal pasir pantai Anoi berwarna hitam adalah karena berasal dari letusan gunung berapi di Pulau Weh.

Warna hitam pasirnya sangat kontras dengan warna air jernih di pantai sehingga memberikan pemandangan yang mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat yang lain.

Pantai Ujung Kareung dan Air Terjun Pria Laot

Pantai Ujung Kareung

Panti Ujung Kareung ini sangat unik karena menyajikan pemandangan jajaran batu karang besar disamping area pantai yang berpasir. Pantai yang letaknya berada di Kecamatan Suka Jaya akan memanjakan matamu dan tentunya melepas penatmu.

Selain bebas menikmati pemandan atau melompat dari atas batu karang ke laut yang sangat seru, kamu juga bisa memancing dari atas batu karang tersebut.

Air Terjun Pria Laot

Masih seputar wisata air, Sabang juga memiliki air terjun yang berna Air Terjun Pria Laot. Letaknya yang berada di area hutan membuat kawasan air terjun terasa sangat asri dan menyejukkan.

Kolam air terjunnya memiliki kedalaman 1,5 hingga 2 meter. Kamu bisa mandi dan berendam di tempat wisata di Sabang ini sepuasnya. Keberadaan ikan bulan yang berada di kolam air terjun ini membuat mandi berendam makin asyik karena terasa seperti digelitik oleh ikan-ikan tersebut.

Pantai Sumur Tiga dan Danau Aneuk Laot

Suasana pagi di Danau Aneuk Laot, Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. (Foto: disbudpar.acehprov.go.id)

Pantai Sumur Tiga

Jika kamu ingin menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise, Pantai Sumur Tiga inilah tempat wisata di Subang yang paling tepat. Pasir pantainya yang putih dan jernihnya air pantai akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Nama sumur tiga diambil dari sejarah tiga sumur air tawar yang konon katanya berada di area pantai ini. Kamu juga bisa menikmati sajian makanan laut di warung-warung sekitar pantai.

Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot merupakan danau terbesar di Pulau Weh dan merupakan sumber air tawar bagi masyarakat Kota Sabang dan sekitarnya. Berbagai macam aktivitas menyenangkan bisa kamu lakukan di sini, di antaranya adalah bersantai di pinggiran danau atau sekedar menikmati pemandangan Gunung Marapi dari kejauhan. Liburanmu akan sangat tenang dengan mengunjungi danau ini.

Benteng Bunker Jepang dan Tugu Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Indonesia. (Liputan6.com/Ahmad Ibo)

Benteng Bunker Jepang

Tidak hanya wisata alam, Sabang juga memiliki wisata bangunan bersejarah, yaitu Benteng Bunker Jepang. Benteng bawah tanah Jepang ini tersebar di area garis pantai Pulau Weh, namun yang masih terlihat jelas adalah benteng yang terdapat di dekat Pantai Anoi Itam

Menurut keterangan warga sekitar, benteng ini bahkan memiliki lorong-lorong bawah tanah menuju area yang dulunya menjadi pusat komando.

Tugu Nol Kilometer

Tempat wisata di Sabang yang terakhir adalah Tugu Nol Kilometer. Sebagai titik nol kilometer Indonesia, tentunya tidak lengkap berlibur ke Sabang bila belum ke tempat ini.

Karena lokasinya yang berada di kawasan hutan, jangan heran jika sepanjang perjalanan menuju monumen kamu akan banyak menjumpai monyet-monyet yang berjalan bebas. Dengan fasilitas yang juga sudah cukup lengkap, kamu tidak perlu cemas lagi jika perlu ke toilet atau lapar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Dubes Arab Saudi, Prabowo Buka Kemungkinan Bahas Rizieq Shihab

Posted: 11 Nov 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku belum mengetahui soal surat pencekalan terhadap Rizieq Shihab. Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku akan mempelajarinya terlebih dahulu.

Saat disinggung soal janjinya memulangkan Rizieq Shihab ke Indonesia, Prabowo tak menjawab tegas. Dia mengaku akan mempelajarinya terlebih dahulu.

"Saya pelajari dulu ya. Nanti kita pelajari dulu. Saya belum dengar," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dia dijadwalkan bertemu Duta Besar Arab Saudi Mr Esam A Abid Althagafi di Kantor Kementerian Pertahanan pada Selasa siang. Dalam pertemuan itu, Prabowo membuka kemungkinan membahas soal pencekalan Rizieq Shihab.

"Mudah-mudahan. Nanti kita lihat," ucap dia.

Melalui channel Youtube Front TV, Rizieq sebelumnya mengungkap alasan tak dapat pulang ke Indonesia, yaitu karena surat cekal dari pemerintah Indonesia untuknya yang ditujukan kepada pemerintah Arab Saudi.

Padahal menurut Rizieq, surat cekal tersebut tidak berkaitan dengan kasus pidana apa pun. Karenanya, dia merasa heran mengapa sampai saat ini dirinya seakan terkurung di Arab Saudi padahal tak melakukan tindak pidana apa pun.

"Saya dicekal di sini (Arab Saudi) bukan karena saya lakukan pelanggaran keimigrasian, bukan saya melakukan pelanggaran pidana atau perdata, bukan karena saya melakukan sesuatu kejahatan di Saudi ini, tidak. Karena alasan keamanan," ujar Habib Rizieq.

Janji Prabowo

Prabowo sendiri pernah berkomitmen untuk memulangkan Rizieq Shihab ke Indonesia. Komitemen itu disampaikan kala Prabowo masih berstatus sebagai capres pada Pilpres 2019.

Prabowo bahkan meneken pakta integritas yang disodorkan Forum Ijtimak Ulama II GNPF. Pakta integritas itu berisi 17 poin yang salah satunya berisi kesanggupan Prabowo memulangkan dan menjamin Rizieq Shibab.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada 67 Formasi, Cek Lowongan CPNS 2019 di Kemenko Perekonomian

Posted: 11 Nov 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Instansi terus mengumumkan pembukaan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Salah  satunya Kementerian Koordinator bidang Perekonomian yang membuka total 67 formasi pada seleksi CPNS di tahun ini.

Pengumuman ini tertuang dalam nomor: KP.3/ 01 /SES.M.EKON/CPNS/11/2019 Tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Perekonomian Koordinator Bidang Perekonomian Tahun Anggaran 2019.

Adapun unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi CPNS 2019, yakni a. Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sekretariat) b. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan (Deputi 1) c. Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian (Deputi 2) d. Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (Deputi 3).

Kemudian e. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Mengah (Deputi 4) f. Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri (Deputi 5) g. Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Deputi 6) h. Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional (Deputi 7).

Bila ingin tahu secara lengkap formasi, persyaratan dari lowongan CPNS 2019 di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, simak di Lowongan CPNS Kemenko Perekonomian ini

Kemensetneg dan Setkab Buka Lowongan 106 Formasi CPNS 2019, Tertarik?

Ilustrasi tes CPNS

Bersamaan dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, dua instansi pemerintah di lingkungan Lembaga Kepresidenan, yaitu Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Sekretariat Kabinet (Setkab) juga membuka lowongan untuk penerimaan 106 formasi CPNS.

Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg Tahun 2019, Setya Utama, dalam pengumumannya Nomor P-01/PANSEL.KEMENSETNEG/CPNS/11/2019 tertanggal 11 November 2019 merincikan, 106 lowongan CPNS itu tersebar di Kemensetneg sebanyak 46 formasi untuk 24 jabatan dan 60 formasi untuk 16 jabatan di Sekretariat Kabinet.

"Kementerian Sekretariat Negara juga menyediakan formasi CPNS 2019 untuk cumlaude (4 alokasi), disabilitas (1 alokasi), putra/putri Papua dan Papua Barat (1 alokasi), dan umum (40 alokasi)," terang Setya Utama, dikutip dari laman Setkab, Selasa (12/11/2019).

Adapun Sekretariat Kabinet, mengalokasikan 52 formasi jabatan untuk umum, 6 formasi untuk lulusan cumlaude yaitu analis hukum (5 alokasi) dan penerjemah ahli pertama (1 alokasi), untuk disabilitas 1 alokasi pada formasi analis hukum, dan untuk putra/putri Papua/Papua Barat pada formasi analis keuangan sebanyak 1 alokasi.

Secara lengkap terdapat 16 formasi jabatan dengan total yang dibutuhkan 60 alokasi formasi di lingkungan Sekretariat Kabinet adalah sebagai berikut:

- Analis hukum (13 alokasi formasi)

- Analis politik, hukum, dan keamanan (6 alokasi formasi)

- Analis perekonomian (14 alokasi formasi)

- Analis kesejahteraan rakyat (5 alokasi formasi)

- Analis keuangan (2 alokasi formasi)

- Analis sumber daya manusia aparatur (5 alokasi formasi)

- Analis kesejahteraan sumber daya manusia aparatur (2 alokasi formasi);

-Analis kinerja (2 alokasi formasi);

- Analis laporan akuntabilitas kinerja (2 alokasi formasi);

- Analis layanan umum (1 alokasi formasi);

- Penerjemah ahli pertama (2 alokasi formasi);

- Pengelola barang milik negara (1 alokasi formasi);

- Analis data dan informasi (2 alokasi formasi)

- Pengelola data (1 alokasi formasi)

- Pustakawan ahli pertama (1 alokasi formasi); dan

- Arsiparis ahli pertama (1 alokasi formasi).

 

Pendaftaran Online

Ilustrasi tes CPNS

Menurut Setya, untuk pendaftaran online akan dilakukan pada periode 11 hingga 25 November 2019, pengumuman hasil seleksi administrasi 13 Desember 2019, masa sanggah 14 sampai 16 Desember 2019, pengumuman hasil ulang seleksi administrasi 22 Desember 2019.

"Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara online dari tanggal pembukaan 11 November hingga 25 November 2019 pukul 23.59 WIB melalui laman sscn.bkn.go.id," kata dia. 

Untuk mendaftar tersebut harus menggunakan KTP atau surat keterangan pengganti KTP elektronik yang telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pas foto berlatar belakang merah ukuran 4 x 6 cm, Ijazah asli sesuai persyaratan formasi yang dilamar, Transkrip nilai asli sesuai persyaratan formasi yang dilamar.

Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Sekretariat Negara Tahun Anggaran 2019, menurut Setya, dapat disampaikan melalui:

a. FAQ pada sscn.bkn.go.id;

b. menu Helpdesk pada sscasn.bkn.go.id;

c. email panitia seleksi: rekrutmen@setneg.go.id. d. Telpon (021) 3848265 (pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Termasuk Nissa Sabyan, Ini 7 Penyanyi Religi Hits yang Punya Pesona Menawan

Posted: 11 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepopuleran Nissa Sabyan yang muncul beberapa tahun terakhir ini memberikan warna baru dalam dunia musik Indonesia. Tepatnya pada tahun 2017, dimana ia melalui YouTube channelnya, Sabyan Gambus mengunggah video cover lagu shalawat dan lagu-lagu religi. 

Memiliki aransemen yang berbeda dan mengikuti tren anak muda masa kini, Nissa Sabyan dengan suara merdu dan pesona yang menawan dapat membius para penontonnya. Grup Sabyan Gambus asal Jakarta ini pun meraih kepopulerannya.

Tak lepas dari kepopuleran Nissa Sabyan, lagu religi pun kembali ngetren di kalangan anak muda. Banyak sekali tempat umum yang memutar lagu religi ini. Di usia yang masih 20 tahun, Nissa pun telah menyabet Anugerah Syiar Ramadan pada tahun 2018.

Namun jauh sebelum terkenalnya Nissa Sabyan, memang sudah cukup banyak penyanyi religi maupun shalawat yang cukup terkenal. Selain terkenal, mereka pun memiliki pesonanya masing-masing.

Berikut 7 penyanyi religi dengan pesona menawan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019)

1. Nissa Sabyan dengan Sabyan Gambus yang naik daun

Nissa Sabyan tanpa kacamata (Sumber: Instagram/nissa_sabyan)

Khoirunnisa atau lebih dikenal dengan Nissa Sabyan, ialah penyanyi gambus yang membawakan lagu religi dan shalawat. Hasil dari karya yang dibawakannya memang bagus dengan pembawaannya yang menawan.

Kehadiran Nissa Sabyan pun menjadikan tren lagu religi dan shalawat menjadi naik kembali pada waktu itu. Kini Nissa yang masih berusia 20 tahun, sedang fokus terhadap karirnya di dunia musik.

2. Selma Bekteshi, penyanyi asal Albania yang memiliki banyak penggemar dari Indonesia

Selma Bekteshi (Sumber: Instagram/selma_bekteshi98)

Selma Bekteshi ialah seoarang penyanyi religi asal Albania. Sosok Selmya yang memiliki paras cantik dan memiliki suara merdu ini memiliki cukup banyak penggemar dari masyarakat Indonesia.

Ia terkenal saat menyanyikan lagu shalawat Assalamualaika yaa Rasulallah sejak tahun 2015. Sejak tahun itulah ia mulai dikenal, hingga memiliki penggemar dari Indonesia yang kebanyakan berumat muslim.

3. Sulis, penyanyi shalawat yang sudah dikenali generasi milenial Indonesia

Sulistyowati alias Sulis (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Bagi generasi 90-an, nama Sulis mungkin sudah tak asing lagi ditelinga. Karena Sulis sudah sejak tahun 2000-an bernyanyi shalawat. Hasil karyanya pun pada waktu itu banyak sekali video klip hingga vcd yang dijual di pasaran.

Bahkan di tempat yang warganya mayoritas umat muslim, memutar lagu yang dibawakan Sulis dalam suatu acara hajatan dan pengajian sudah menjadi suasana yang lumrah. Sampai saat ini Sulis yang telah berusia 29 tahun tetap menjalani karier sebagai penyanyi religi dan shalawat.

4. Wafiq Azizah, penyanyi religi dan shalawat yang telah luncurkan album ke-50

Wafiq Azizah (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)

Penyanyi lagu religi dan Shalawat asal Magelang ini telah meluncurkan albun ke-50 di tahun 2018. Kini dalam usia 32 tahun Wafiq Azizah menjadi salah satu penyanyi religi yang telah luncurkan banyak album.

Wafiq Azizah yang lahir 4 Mei 1987, telah keluarkan album perdana saat ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), ia pun juga pernah berduet dengan Alm. Uje dalam perjalanan kariernya.

5. Veve Zulfikar, memiliki bakat sejak kecil

Veve Zulfikar (Sumber: Instagram/veve_zulfikar)

Veryal Eisha Aqila Zulfikar memiliki nama akrab Veve Zulfikar. Lahir 7 Juli 2003 yang merupakan anak perempuan dari ustaz Qori Zulfikar. Dengan parasnya yang menawan, Veve Zulfikar ini lantunkan senandung shalawat dan lagu religi melalui channel YouTubenya pridani,

Selain pintar dalam bersenandung lagu religi dan shalawat, ternyata Veve memiliki bakat ini sejak kecil dengan beberapa kali memenangkan lomba bernyanyi dan tilawah alquran.

6. Sharla Martiza yang sampai buat Maher Zain takjub dengan aksinya

Sharla Martiza (Sumber: Instagram/sharlamartiza)

Sharla Martiza Isya'iah Putri atau kerap disapa Sharla Martiza ialah perempuan kelahiran Jombang yeng menjuarai ajang The Voice Kids Indonesia musim kedua pada tahun 2017. Dalam sebuah ajang mencari bakat menyanyi tersebut, siapa sangkat bahwa Sharla bawakan lagu religi. Ia pun bawakan sebuah lagu dari Maher Zain Assalamu Alayka.

Tak hanya bisa nyanyikan lagu religi. Lagu yang dibawakannya pun buat penyanyi asli, Maher Zain takjub dan mengunggah video Sharla Martiza di akun Instagram milik Maher Zain.

7. Alfina Nindiyani penyanyi yang videonya telah ditonton 29 juta pasang mata

Alfina Nindiyani (Sumber: Instagram/@nindiyaa__)

Kini telah banyak penyanyi religi bermunculan. Dengan memiliki paras cantik dan keunikan masing-masing dalam membawakan shalawat serta lagu religi, para penyanyi ini pun miliki penggemar masing-masing. Seperti halnya Alfina Nindiyani.

Penyanyi religi asal Jawa Timur yang melejit namanya usai menyanyikan lagu Law Kana Bainanal Habib di channel YouTubenya. Lagu tersebut diunggah di YouTube dan telah ditonton lebih dari 29 juta pasang mata

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elon Musk: Butuh 20 Tahun untuk Bangun Kota di Mars

Posted: 11 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder sekaligus bos perusahaan roket SpaceX Elon Musk memiliki rencana masa depan, yakni memindahkan habitat manusia ke Mars. Tepatnya, Elon Musk berusaha membuat sebuah kota di Mars.

Karena saat ini baru sebatas rencana, masih banyak hal yang harus dijaga di Bumi sebelum rencana ini terwujud. Oleh karenanya, banyak yang menyebut, pindah ke Mars merupakan ide yang dibuat-buat.

Meski begitu, tidak ada yang bisa menghentikan Elon Musk untuk merencanakan dan mewujudkan gagasannya.

"Untuk membangun kota berkelanjutan di Mars, dibutuhkan seribu pesawat luar angkasa," kata Elon Musk, menanggapi pertanyaan di Twitter.

Mengutip Ubergizmo, Selasa (12/11/2019), Elon Musk juga menyebutkan, butuh waktu sekitar dua puluh tahun untuk memindahkan berton-ton material ke Mars Base Alpha untuk membuatnya berkelanjutan. Hal ini karena planet-planet melakukan penyelarasan setiap dua tahun.

Masih Meraba-raba

Elon Musk. (AFP)

Tentunya apa yang dikatakan Musk ini merupakan sebuah perkiraan yang masih meraba-raba. Namun informasi ini menarik karena disampaikan langsung oleh dia sendiri.

Seperti diketahui, dia mengembangkan banyak proyek ambisius bersama SpaceX. Bahkan, dia disebut-sebut telah punya rencana meluncurkan pesawat angkasa dengan awak pada 2024 mendatang.

Diolok-olok Warganet

CEO SpaceX Elon Musk dan miliarder Jepang, Yusaku Maezawa pada konferensi pers di Hawthorne, California, (17/9). Musk memilih Maezawa sebagai penumpang perdana pesawat angkasa Big Falcon Rocket (BFR) dan mengelilingi bulan pada 2023. (AP/Chris Carlson)

Adapun Elon Musk adalah salah satu orang penting di dunia teknologi. Ia memiliki misi untuk membawa umat manusia ke Mars lewat proyek Space X.

Belakangan ini Elon Musk diolok-olok di dunia maya oleh warganet. Pasalnya ia mengunggah meme bertuliskan "Tempati Mars", tetapi gambar tersebut bukanlah Mars, melainkan Bulan.

Tepatnya, itu adalah foto ketika gerhana bulan (blood moon) pada Juli 2018. Tak heran mengapa bulan di foto tersebut tampak berwarna merah.

"Itu bulan," tulis pengguna Twitter dengan nama Viv yang kemudian dijawab Elon Musk dengan dua emoji tertawa.

Elon Musk lalu mencuitkan "Bulan juga," dan membalas lagi dengan "Bulan terlebih dahulu karena hanya berjarak 3 hari dan tak perlu sinkronosasi orbit antarplanet."

Dilansir Merdeka.com dari Business Insider, Kamis (27/6/2019), Space X sendiri sudah sering menggunakan jargon "Tempati Mars" sejak 2014, dan semua kampanye tersebut menggunakan gambar Mars yang benar.

Selain itu, Space X menjual maerchandise seperti T-Shirt dengan tulisan gambar Mars yang benar.

Saat ini, Elon sedang mempersiapkan salah satu roket termahal sepanjang sejarah bernama Starship, yang dikembangkan lewat SpaceX. Ia berencana menggunakan roket tersebut untuk membawa manusia menginjakkan kaki ke Bulan dan Mars.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Muda AC Milan Tolak Tawaran 6 Klub

Posted: 11 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - Agen bek kanan AC Milan, Andrea Conti, mengaku kliennya telah menolak tawaran dari enam klub termasuk Crystal Palace. Conti menegaskan ingin tetap tinggal di Milan.

Conti adalah salah satu pemain yang didatangkan AC Milan selama transfer musim panas tahun 2017 lalu. Tapi, ia jarang bermain karena mengalami cedera lutut yang serius.

Menurut sang agen, Mario Giuffredi, pemain berusia 25 tahun itu direncanakan untuk menggantikan Aaron Wan Bissaka di Palace setelah kepindahannya ke Manchester United.

"Selama musim panas, dia [Conti] mendapat tawaran dari Parma, Werder Bremen, Crystal Palace, SPAL dan tim lainnya, setidaknya lima atau enam dari mereka, tetapi dia bersikeras tetap di Milan," kata Giuffredi kepada Milan News.

Conti saat masih bermain di Atalanta selalu diposisikan sebagai bek kanan. Karena itu, Giuffredi menegaskan bahwa kliennya harus selalu dimainkan di posisi itu saat bersama AC Milan.

Peran Alami

Aksi pemain AC Milan, Andrea Conti (kanan) menjangkau bola dar kejaran pemain Shkendija, Ivan Celikovic pada kualifikasi Europa League di San Siro Stadium, (17/8/2017). Milan menang 6-0. (AP/Antonio Calanni)

"Jika dia bek kanan, dia harus selalu dimainkan di posisi itu. Dia bermain sebagai bek kanan di tiga bek belakang saat melawan Lecce dan AS Roma.

"Dia perlu bermain di posisi yang benar," kata Giuffredi.

Mantan stopper Atalanta ini dimainkan saat melawan Juventus pada Minggu lalu. Giuffredi mengaku senang menyimak penampilan Conti.

Harus Diberi Kesempatan

"Melawan Juve dia kembali bermain dalam peran alaminya, dan dia bermain sangat baik. Namun, dia harus tenang," katanya.

"Satu pertandingan tidak cukup, dia harus menunjukkan hal yang sama di pertandingan lain dan mudah-mudahan kita akan melihat Conti yang lama lagi."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 2 Kereta Tabrakan di India, Puluhan Orang Terluka

Posted: 11 Nov 2019 09:30 PM PST

Sejumlah penumpang berdiri di samping gerbong kereta surburban yang bertabrakan dengan kereta ekspres antarkota di Stasiun Kereta Api Kachiguda di Hyderabad, India (11/9/2019). Sekitar 12 orang terluka akibat kecelakaan tersebut. (AFP Photo/Noah Seelam)

Sejumlah penumpang berdiri di samping gerbong kereta surburban yang bertabrakan dengan kereta ekspres antarkota di Stasiun Kereta Api Kachiguda di Hyderabad, India (11/9/2019). Sekitar 12 orang terluka akibat kecelakaan tersebut. (AFP Photo/Noah Seelam)

Petugas berusaha menyelematkan seorang pekerja di kabin kereta api surburban setelah bertabrakan dengan kereta ekspres antarkota di Stasiun Kereta Api Kachiguda di Hyderabad, India (11/9/2019). Sekitar 12 orang terluka akibat kecelakaan tersebut. (AFP Photo/Noah Seelam)

Petugas berusaha menyelematkan seorang pekerja di kabin kereta api surburban setelah bertabrakan dengan kereta ekspres antarkota di Stasiun Kereta Api Kachiguda di Hyderabad, India (11/9/2019). Sekitar 12 orang terluka akibat kecelakaan tersebut. (AFP Photo/Noah Seelam)

Petugas berusaha menyelematkan seorang pekerja di kabin kereta api surburban setelah bertabrakan dengan kereta ekspres antarkota di Stasiun Kereta Api Kachiguda di Hyderabad, India (11/9/2019). Sekitar 12 orang terluka akibat kecelakaan tersebut. (AP Photo/Mahesh Kumar A.)

Petugas berusaha menyelematkan seorang pekerja di kabin kereta api surburban setelah bertabrakan dengan kereta ekspres antarkota di Stasiun Kereta Api Kachiguda di Hyderabad, India (11/9/2019). Sekitar 12 orang terluka akibat kecelakaan tersebut. (AP Photo/Mahesh Kumar A.)

Sejumlah penumpang berjalan setelah kereta surburban yang bertabrakan dengan kereta ekspres antarkota di Stasiun Kereta Api Kachiguda di Hyderabad, India (11/9/2019). Sekitar 12 orang terluka akibat kecelakaan tersebut. (AP Photo/Mahesh Kumar A.)

Sejumlah penumpang berjalan setelah kereta surburban yang bertabrakan dengan kereta ekspres antarkota di Stasiun Kereta Api Kachiguda di Hyderabad, India (11/9/2019). Sekitar 12 orang terluka akibat kecelakaan tersebut. (AP Photo/Mahesh Kumar A.)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wamendes Kunjungi Desa Siluman di Subang

Posted: 11 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi mengunjungi desa bernama Siluman yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Nirina Zubir Akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Posted: 11 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berita duka tengah menyelimuti Nirina Zubir. Ia baru saja ditinggal sang ibunda, Cut Indria Martini binti Marzuki, untuk selama-lamanya.

Ibunda Nirina Zubir dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (12/11/2019). Kabar tersebut diketahui melalui unggahan suami Nirina Zubir, Ernest "Cokelat".

"Inna lillahi wa innalillahi rajiun. Selamat jalan mama MARTINI. ibunda dari istriku @nirinazubir," tulis suami Nirina Zubir.

Kabar tersebut kemudian dibenarkan oleh asisten pribadi Nirina Zubir, Lidia. Namun ia belum bisa memastikan waktu meninggalnya ibunda Nirina Zubir.

 

Ingin Dibangunkan

Nirina Zubir (Daniel Kampua/Fimela.com)

Lidia mengatakan, belum ada kepastian soal waktu meninggalnya ibunda Nirina Zubir. "Kemungkinan (meninggalnya) semalam. Baru ketahuan tadi pagi waktu mau dbangunin," dia menjelaskan.

Meninggal Saat Tidur

(Instagram/nirinazubir_)

Lidia juga memastikan ibunda Nirina Zubir meninggal dunia bukan karena mengalami penyakit. "Meninggal dalam tidur," kata asisten pribadi Nirina Zubir itu kepada pewarta melalui aplikasi pesan percakapan.

 

Dimakamkan Sore Ini

(Instagram/nirinazubir_)

Lebih lanjut, sang asisten mengatakan bahwa jenazah ibunda Nirina Zubir akan dimakamkan sore ini juga.

TPU Tanah Kusir

Nirina Zubir (Dok.Instagram/@nirinazubir/https://www.instagram.com/p/BwMxtMfAraq/Komarudin)

Rencananya, jenazah ibunda Nirina Zubir bakal dikebumikan di TPU Tanah Kusir. "Kemungkinan (dimakamkan) setelah Ashar di Tanah Kusir," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dahnil Anzar Simanjuntak Ditunjuk Jadi Jubir Menhan, Apa Tugasnya?

Posted: 11 Nov 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dahnil Anzar Simanjuntak, yang pernah ditunjuk oleh Prabowo Subianto sebagai juru bicara Ketua Umum Partai Gerindra, kini ditunjuk menjadi staf khusus Kementerian Pertahanan (Kemenhan) oleh Ketua Umum Partai Gerindra itu. Hal ini pun dibenarkan oleh Dahnil.

"Iya saya ditunjuk Pak Prabowo," kata Dahnil saat dikonfirmasi, Selasa (12/11/2019).

Seperti diketahui sebelumnya, Dahnil pun sempat menjadi Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019. Dalam tugas barunya ini, ia mengaku hanya dirinya yang baru ditunjuk oleh Prabowo. "Baru saya (menjadi juru bicara Menhan)," kata Dahnil.

Lebih lanjut Dahnil Anzar mengaku, dalam tugas barunya ia berwenang di bidang komunikasi publik yang berfokus pada bidang sosial ekonomi dan hubungan antarlembaga.

"Juru Bicara Menhan, staf khusus bidang komunikasi publik, sosial ekonomi dan hubungan antarlembaga. Ya pokoknya jadi jubir di bidang pertahanan non-militer, termasuk soal program Bela Negara," katanya.

 

Agenda Prabowo

Bahkan dalam jabatan barunya, Dahnil mengetahui apapun agenda Prabowo. Sepertinya hari ini dimana Prabowo akan bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Malaysia.

"Memang ada rencana kedatangan Dubes AS pagi ini ke Kemhan. Detailnya teman-teman (media) bisa kontak Stafsus Jubir Menhan bang Dahnil ya," kata seorang staf Kemenhan.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT Dahana Bakal Bangun Pabrik Bahan Peledak di Timor Leste

Posted: 11 Nov 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Dahana (Persero) akan mulai membangun pabrik bahan peledak di Timor Leste pada 2020 mendatang. Pabrik tersebut nantinya ditargetkan bisa beroprasi pada pertengahan 2020 atau tepatnya pada Juli 2020.

Direktur Utama PT Dahana, Budi Antono, mengatakan untuk nilai investasi pembangunan pabrik di Timur Leste pihaknya sudah menyiapkan dana sebesar Rp 10-15 triliun. Adapun kapasitas pabrik tersebut hanya sebesar 1.000 ton bahan peledak per tahunnya.

"Nanti kita bangun pabrik kebetulan tanggal 13 atau 15 November orang Timur Leste ke sini. Negosiasi," kata dia saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (12/11)

Budi mengatakan, pembangunan pabrik dicanangkan juga untuk mensuplai keperluan bahan peledak di proyek kuari Tibar Bay Port Dili Timor Leste. Di mana pelabuhan itu nantinya bakal rampung pada 2022 dan diresmikan sebagai pelabuhan terbesar (internasional) di Timor Leste untuk kegiatan bongkar muat peti kemas.

"Kalau Tiimor Leste untuk pelabuhan internasional. Karena di sana Timor Leste banyak gunung daripada bongkar gunung mending buka trowongan," kata dia.

BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak komersial dan militer, selama ini hanya mensuplai bahan peledak ke Timor Leste. Dengan pembangunan pabrik tersebut diharapkan dapat lebih menguntungkan dari kedua belah pihak.

Sebelumnya, PT Dahana (Persero) menggandeng perusahaan lokal Incanto Weste Unipessoal LDA untuk keperluan peledakan di proyek kuari Tibar Bay Port Dili Timor Leste. Kerja sama ini berbuah ekspor bahan peledak Dahana ke Timor Leste yang dikirim dalam tiga kali pengiriman.

"Betul, kami mengekspor bahan peledak ke Timor Leste untuk project kuari ini. Bahan peledak dikirim dalam tiga kali pengiriman, masing-masing pengiriman 11 kontainer dengan nilai kontrak senilai 420 ribu dolar AS," kata Direktur Utama PT Dahana (Persero), Budi Antono lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Jumat.

Adapun bahan peledak yang diekspor berupa dayagel, detonator electric dan non electric, detonating cord serta amonium nitrat.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Erick Thohir Fokus Benahi BUMN yang Sakit

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memberi paparan saat mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan melakukan pembenahan internal BUMN sebagai fokus kerjanya.

Erick menyatakan, BUMN bisa menjadi lokomotif bersaing di luar negeri jika sudah berbenah dari dalam terlebih dahulu.

"Target kerja nanti ada beberapa tahun ke depan, yang penting sekarang BUMN fokus kepada hal yang hari ini dibutuhkan, yaitu lebih banyak di dalam negeri. Banyak hal yang harus diperbaiki saat ini," ujarnya di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Erick mengakui, banyak BUMN yang harus "disembuhkan" dari "penyakitnya", seperti PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Krakatau Steel (Persero) dan lainnya. Dalam hal ini, pembenahan direksi jadi hal yang penting dalam menyehatkan BUMN tersebut.

Seluruh pengangkatan jajaran direksi, lanjut dia, harus ditentukan melalui TPA (Tim Penilai Akhir). Hal ini sesuai dengan arahan Presiden untuk memastikan direksi dan komisaris BUMN memiliki integritas.

"Banyak sekali direksi komisaris BUMN yang sangat bagus, tetapi sekarang kita dorong agar lebih profesional, lebih transparan dan karena itu TPA akan dijalankan, sudah berjalan sebenarnya," imbuh Erick.

Untuk prosesnya sendiri, penentuan TPA akan berjalan seiring direksi dan komisaris bekerja. "Masa orang dicopot-copotin orang lagi pada kerja. Biarkan para direksi dan komisaris BUMN bekerja secara semangat, kita juga support dari Kementerian BUMN," tuturnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vietnam Vonis Aktivis HAM Australia 12 Tahun Bui Atas Tuduhan Terorisme

Posted: 11 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Hanoi - Pengadilan di Vietnam telah menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara kepada warga negara Australia berusia 70 tahun atas tuduhan terorisme.

Chau Van Kham, seorang pensiunan tukang roti, adalah anggota kelompok hak asasi manusia Viet Tan, yang oleh pemerintah Vietnam dianggap sebagai organisasi teroris.

Dia dituduh merekrut anggota untuk kelompok itu, mengumpulkan dana untuk "kegiatan anti-negara" dan bergabung dengan protes anti-Vietnam di Australia.

Di pengadilan, ia membantah melakukan tindakan teroris, kata pengacaranya.

"Semuanya adalah kegiatan damai," kata pengacara mengutip pembelaan Kham, dilansir BBC pada Selasa (12/11/2019).

Viet Tan menolak kasus itu sebagai "pengadilan palsu" dan menuduh Vietnam "mengkriminalisasi advokasi hak asasi manusia".

Kelompok itu mengatakan Kham berada di Vietnam untuk melakukan penelitian hak-hak sipil ketika dia ditangkap pada Januari 2019 lalu.

Human Rights Watch (HRW) mengatakan, Vietnam "menjatuhkan vonis yang pada dasarnya adalah hukuman mati", mengingat usia Chau Van Kham yang sangat senja.

"Dia telah dipenjara atas tuduhan palsu, bermotivasi politik yang menunjukkan betapa takutnya Vietnam terhadap orang-orang yang menggunakan hak-hak mereka dan menuntut demokrasi sejati," tambah Wakil Direktur Asia HRW, Phil Robertson.

Teratur Memenjarakan Pembangkang?

ilustrasi bendera Vietnam (AFP)

Pengadilan memerintahkan agar Chau Van Kham --yang meninggalkan negara asalnya sebagai gelombang 'manusia perahu' setelah Perang Vietnam dan tiba di Australia pada tahun 1983-- agar segera dideportasi setelah masa tahanannya.

Meskipun melakukan banyak reformasi ekonomi liberal, Vietnam tetap menjadi negara komunis satu partai yang secara teratur memenjarakan para pembangkang.

Dalam laporan dunia 2019, Human Rights Watch mengatakan "catatan hak asasi manusia yang mengerikan Vietnam memburuk" tahun lalu, ketika pemerintah menghukum pembangkang dengan hukuman penjara yang lebih lama, memerintahkan serangan terhadap pembela hak asasi manusia dan mengeluarkan undang-undang yang selanjutnya mengancam kebebasan berekspresi.

Pada Juni 2019, pengadilan Vietnam menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara kepada warga negara Amerika Serikat Michael Phuong Minh Nguyen karena berusaha "menggulingkan negara".

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jefri Nichol Lega Usai Divonis Vonis 7 Bulan Rehabilitasi

Posted: 11 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Majelis hakim menyatakan Jefri Nichol bersalah atas kasus penyalahgunaan narkotika. Bintang film yang tengah naik daun ini dijatuhi hukuman tujuh bulan rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.

Sebagai terdakwa, Jefri Nichol menerima keputusan majelis hakim. Ia mengaku lega karena persidangan akhirnya usai, dan vonis hakim dinilai adil atau berimbang.

"Setelah aku konsultasi sama pengacara, aku terima aja. Lega, lega banget. Sesuai harapan, sudah cukup," kata Jefri Nichol usai sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

 

Pembelaan

Naik 13 Kg Sejak Direhabilitasi, Ini 6 Potret Terbaru Jefri Nichol

Dalam nota pembelaan, Jefri Nichol mengajukan rehabilitasi rawat jalan selama enam bulan. Meski begitu ia tetap berlapang dada dengan vonis tujuh bulan rehabilitasi.

"Enggak apa-apa. Semoga aja tujuh bulan rehab aku itu kan masih banyak program-programnya (kegiatan di RSKO) jadi masih bisa ngikutin programnya yang lain," ia menjelaskan.

 

Terimakasih

Naik 13 Kg Sejak Direhabilitasi, Ini 6 Potret Terbaru Jefri Nichol

Jefri Nichol berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan kepadanya selama kasus hukum ini berjalan. Baik itu kepada orangtua, sahabat, hingga penggemar.

"Terima kasih buat semuanya yang ngasih support doanya kasih sayangnya selama persidangan ini. Alhamdulillah udah putusan sekarang tinggal jalanin aja doain yang terbaik," ia mengakhiri.

 

Hukuman

Hukuman tujuh bulan tersebut akan dikurangi dengan masa tahanan dan rehabilitasi di RSKO yang telah dilewati Jefri Nichol sejak Juli 2019.

"Jadi kurang lebih tiga bulan lagi dia bisa beraktivitas. Tapi kita akan usahakan. Sesuai peraturan menteri dia bisa rehabilitasi jalan setelah tiga bulan. Kita akan pelajari lagi," ucap pengacara Jefri Nichol, Aris Marasabessy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Portal SSCASN BKN Sulit Diakses, Pelamar CPNS 2019 Kecewa

Posted: 11 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi yang sedang menunggu bukaan lowongan CPNS 2019. Pasalnya pendaftaran online CPNS 2019 sudah dibuka sejak Senin, 11 November 2019.

Pendaftaran CPNS 2019 akan terintergrasi secara nasional lewat portal milik Badan Kepegawaian Negara atau BKN.

Pendaftaran CPNS 2019 sendiri dilakukan melalui sistem online di situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun, banyak pelamar yang kecewa karena laman BKN sempat tidak bisa diakses.

Salah satunya, Nur Soli warga Grobogan, Jawa Tengah. Dia terpaksa menunda mendaftarkan adiknya melamar CPNS, akibat sulitnya mengakses situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Saksikan selengkapnya di channel Indosiar hanya di Vidio.

Saksikan Videonya di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permohonan Praperadilan Imam Nahrawi dan Dhamantra Ditolak

Posted: 11 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hakim tunggal Elfian menolak permohonan praperadilan yang diajukan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sidang ini digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa pagi.

Dalam putusannya, hakim Elfian menyebut penetapan tersangka terhadap Imam Nahrawi yang dilakukan oleh KPK telah dilakukan secara sah.

"Mengadili, menyatakan ekspsi pemohon tidak dapat diterima. Menolak praperadilan pemohon untuk seluruhnya," ujar Elfian dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

Hakim menyatakan proses penetapan tersangka, penyidikan, dan penahanan yang dilakukan KPK terhadap Imam sudah sesuai prosedur. Demikian pula status tersangka Imam yang dinilai hakim tidak menyalahi prosedur hukum.

Imam ditetapkan KPK sebagai tersangka suap dana hibah KONI dan penerimaan lain berkaitan dengan jabatannya. Imam diduga menerima suap sebesar Rp 26,5 miliar secara bertahap sejak 2014 hingga 2018.

Dalam permohonan praperadilan, Imam meminta status tersangka itu dibatalkan. Imam keberatan atas status tersangkanya karena menilai belum pernah diperiksa sebagai saksi. Selain itu, Imam menilai bukti permulaan KPK belum cukup untuk menetapkannya sebagai tersangka.

Sebelumnya, KPK sudah lebih dahulu menetapkan lima orang sebagai tersangka dalam kasus ini. Kelima orang tersebut terjaring dalam operasi tangkap tangan tim penindakan KPK pada 18 Desember 2018.

Mereka adalah Deputi IV Kemenpora Mulyana (MUL), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kemenpora Adhi Purnomo (AP), Staf Kemenpora Eko Triyanto (ET), Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy (EFH), dan Bendahara Umum KONI Jhony E Awuy (JEA).

Menolak Praperadilan Dhamantra

Di tempat yang sama, hakim tunngal Krisnugroho juga menolak permohonan praperadilan yang diajukan I Nyoman Dhamantra terhadap KPK.

"Dalam ekspsi, menolak seluruhnya. Dalam perkara, menolak permohonan yang diajukan oleh pemohon untuk seluruhnya," ujar Krisnugroho.

Hakim menyatakan, penetapan tersangka yang dilakukan KPK terhadap Nyoman sudah sesuai aturan.

"Menimbang penetapan tersangka telah seusai dengan aturan," katanya.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan I Nyoman Dhamantra (INY) sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan izin impor bawang putih tahun 2019. Selain Nyoman, KPK juga menjerat lima orang lainnya dalam kasus ini.

Yakni Mirawati Basri (MBS) selaku orang kepercayaan Nyoman, Elviyanto (ELV) orang dekat Nyoman, dan tiga pihak swasta yakni Chandry Suanda (CSU) alias Afung, Doddy Wahyudi (DDW), dan Zulfikar (ZFK).

Nyoman diduga meminta fee sebesar Rp3,6 miliar dan Rp1.700 hingga Rp1.800 per kilogram dari pengurusan izin impor bawang putih dengan kuota 20 ribu ton untuk beberapa perusahaan termasuk perusahaan yang dimiliki oleh CSU alias Afung.

Dari komitmen fee tersebut, Nyoman diduga sudah menerima Rp2 miliar yang dikirim oleh Doddy ke rekening kasir money changer milik Nyoman. Rp 2 miliar tersebut direncanakan untuk digunakan mengurus surat persetujuan impor (SPI).

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melly Goeslaw Unfollow Instagram Rossa, Ini Kilas Balik 7 Momen Kedekatan Keduanya

Posted: 11 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, sosok Melly Goeslaw menjadi sorotan publik. Pada perayaan pesta Halloween bulan lalu, penyanyi sekaligus penulis lagu ini sempat tersinggung karena gayanya dijadikan kostum Halloween. Dalam pesta tersebut, penata rias Bubah Alfian berdandan ala Melly Goeslaw.

Penampilan Bubah pun mendapat sambutan yang meriah dari para selebriti lainnya, momen tersebut direkam dan diunggah di Instagram stories. Sontak hal itu membuat Melly Goeslaw murka dan meluapkan kekecewaanya di media sosial. Melly mengungkapkan bahwa ia cukup kesal telah menjadi bahan guyonan sahabatnya sendiri, seperti BCL, Rossa, dan Vidi Aldiano.

Merasa sangat bersalah, Rossa, Vidi Aldiano, dan Bubah pun langsung meminta maaf pada istri Anto Hoed ini.

Namun setelah beberapa pekan, kasus pesta Halloween sepertinya masih menyisakan luka bagi Melly Goeslaw. Baru-baru ini Melly kedapatan meng-unfollow akun Instagram milik Rossa. Sementara Rossa masih mengikuti aktivitas Melly Goeslaw di Instagram. Seperti diketahui, sebelum terjadi insiden pesta Halloween Rossa dan Melly Goeslaw berteman akrab.

Rossa beberapakali membawakan lagu ciptaan Melly. Sejumlah karya Melly yang dibawakan Rossa meledak di pasaran. Kolaborasi keduanya bermula pada 1999. Salah satu lagu populer ciptaan Melly yang dibawakan Rossa yaitu Ayat-Ayat Cinta.

Tak hanya berkarya, keduanya pun kerap menghabiskan waktu bersama. Berikut kilas balik momen kedekatan Rossa dan Melly Goeslaw dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019).

1. Rossa dan Melly Goeslaw sudah berteman lebih kurang 20 tahun.

Rossa dan Melly Goeslaw (Sumber: Instagram/@itsrossa910)

2. Bahkan Rossa mempercayai Melly Goeslaw untuk urusan makeup.

Rossa dan Melly Goeslaw (Sumber: Instagram/@itsrossa910)

3. Tak hanya berkarya, Rossa dan Melly juga kerap menghabiskan waktu bersama.

Rossa dan Melly Goeslaw (Sumber: Instagram/@itsrossa910)

4. Begini potret keduanya saat rekaman, banyak lagu ciptaan Melly yang dibawakan Rossa.

Rossa dan Melly Goeslaw (Sumber: Instagram/@itsrossa910)

5. Persahabatan Rossa dan Melly penuh dengan kebahagiaan.

Rossa dan Melly Goeslaw (Sumber: Instagram/@itsrossa910)

6. Menurut Rossa, sosok Melly merupakan sahabat yang selalu berpartisipasi dalam setiap momen hidupnya.

Rossa dan Melly Goeslaw (Sumber: Instagram/@itsrossa910)

7. Melly dan Rossa pernah bernyanyi dalam satu panggung dan tampil memukau.

Rossa dan Melly Goeslaw (Sumber: Instagram/@itsrossa910)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Meme Hari Ayah Nasional, Bikin Warganet Terharu

Posted: 11 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Selasa (12/11/2019), diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Tentunya momen ini dipakai para anak untuk menuturkan ucapan terimakasih kepada ayah, karena telah mendidik dan membesarkannya.

Beragam cara pun digunakan masyarakat untuk merayakan Hari Ayah, seperti melalui beragam twit di jejaring sosial. Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, terlihat warganet tidak hanya menuliskan twit yang ditujukkan untuk ayah mereka.

Namun, warganet juga meramaikan momen Hari Ayah dengan membuat beragam meme mengharukan. Warganet pun beraksi dengan memakai beragam objek untuk dijadikan meme-meme yang mengelitik juga mengharukan. Terlihat, mereka juga mencantumkan kalimat nyeleneh hingga kalimat yang membuat kita terenyuh.

Berikut beberapa meme Hari Ayah seperti merangkum dari Twitter.

 

Jangan sedih dong..

(Thepopoh/twitter.com)

Mengucapkan lewat doa juga bisa kok

Meme Hari Ayah

Hayo, kamu masih ingat enggak?

Meme Hari Ayah

Awal Mula Peringatan Hari Ayah

Hari Ayah awalnya digagas oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Deklarasian Hari Ayah pertama kalinya dilakukan di Pendapa Gede Balai kota Solo, Jawa Tengah. Mereka melihat peran ayah yang juga tak kalah besar dalam sebuah keluarga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Mandi Kembang Saat Liburan di Selandia Baru

Posted: 11 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad dan Nagita Slavina meluangkan waktu untuk liburan bersama. Kali ini, Raffi dan Nagita memilih Selandia Baru sebagai destinasi liburan mereka.

Raffi membagikan keseruannya liburan bersama keluarga melalui akun Instagram pribadinya. Kehadiran Raffi dan Gigi di Selandia Baru mendapat sambutan dari Dubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya dan istri.

"Terimakasih Pak Dubes 🇮🇩 Selandia Baru @tantowiyahyaofficial dan Ibu Dubes @dewi.t.yahya ❤️ Keluarga super duper panutanSampai Jumpa lagi dan terimakasih jamuan sarapan paginya 💕🥰 🇮🇩," jelas Raffi.

Mereka menyempatkan foto bersama di Wisma Indonesia di Wellington. Tak hanya itu, Raffi juga mengunggah foto bersamanya dengan Gigi di sebuah kamar dengan latar belakang pemandangan yang berkabut.

"Menikmati pagi dengan ditemani hujan rintik sambil be-duaan suami istri ❤️😍 Pemandangan Pagi yang indah di NewZealand Wellington," tulis Raffi sebagai keterangan foto.

Lake Takepo

Raffi Ahmad dan Nagita menyempatkan berkunjung ke Lake Takepo atau Danau Tekapo. Danau ini  yang terbesar kedua dari tiga danau paralel yang membentang dari utara ke selatan sepanjang tepi utara Cekungan Mackenzie di Pulau Selatan, Selandia Baru.

"Lake Tekapo 😍sayang ya mendung dan sedikit hujan ... seandainya udara cerah pasti pemandangannya jauh lebih bagus 😇," tulis Raffi Ahmad saat mereka mengunjungi danau itu.

 

Picton

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina serta Rafathar berada di Picton, Selandia Baru (Dok.Instagram/@raffinagita1717/https://www.instagram.com/p/B4q9WkFDZvX/Komarudin)

Raffi dan Gigi serta Rafathar juga mengunjungi Picton. Picton merupakan pangkalan layanan feri di Pulau Selatan yang menghubungkan kota-kota utama di Selandia Baru. Lokasi ini juga merupakan pintu gerbang ke wisata laut, hutan, dan objek wisata Pulau Marlborough Sounds.

Omarama

Mereka juga berkunjung ke Omarama yang terletak di cekungan luas di antara barisan pegunungan. Dilansir dari laman newzealand.com, Senin, 11 November 2019, Omarama tersohor di kalangan pilot pesawat layang. Datanglah kemari untuk melayang di angkasa dan memancing di sungai berarus deras.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Harga Jual Mobil Tetap Tinggi, Begini Caranya

Posted: 11 Nov 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Karakter konsumen di Indonesia masih banyak yang memikirkan harga jual kendaraannya kembali. Bahkan terkadang, pertanyaan berapa harga jual tersebut muncul saat hendak membeli mobil baru dan belum menggunakannya.

Memang, harga jual kembali sebuah kendaraan dapat dikatakan baik apabila persentase harga jual kendaraan tersebut tidak mengalami penurunan yang terlalu signifikan terhadap harga awal saat pembelian kendaraan dalam kondisi baru.

Berikut, tips dari Daihatsu Indonesia untuk mempertahankan harga jual kembali sebuah kendaraan agar tetap tinggi, meliputi berbagai aspek, seperti history perawatan berkala di bengkel resmi, yang dibuktikan dengan buku servis.

Kemudian, kondisi fisik mobil, seperti bebas baret, bebas bekas tabrak, dan kondisi standar. Lalu, usia kendaraan tidak lebih dari lima tahun, sehingga jarak tempuh masih rendah.

Setelah itu, kelengkapan dokumen mobil seperti BPKB, STNK, dan surat pendukung lainnya. terakhir, bisa dilihat juga dari jenis transmisi kendaraan.

Daihatsu Festival & Trade In Day

Mengakomodir konsumen yang hendak membeli mobil, dengan cara tukar tambah, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengadakan acara bertajuk Daihatsu Festival & Trade In Day yang diselenggarakan di Ciputra World Surabaya, Sabtu-Minggu, 9-10 November 2019.

Gelaran ini dilatarbelakangi oleh komitmen Daihatsu untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, melalui beragam program pelayanan one stop solution, seperti penjualan dan layanan purnajual, sekaligus program pembiayaan dan perlindungan kendaraan yang komprehensif.

Sesuai dengan namanya, program ini merupakan usaha jemput-bola dari Daihatsu untuk memudahkan pelanggan dalam mewujudkan impiannya memiliki kendaraan baru Daihatsu melalui fasilitas tukar-tambah, dengan beragam kemudahan dan diskon menarik yang diselenggarakan hanya satu hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPSDM Geominerba Ajari Dosen Vokasi Tentang Pemboran dan Peledakan

Posted: 11 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Banjarmasin Meski memiliki kompetensi untuk menyelenggarakan beragam pendidikan dan pelatihan terkait operasional pertambangan, PPSDM Geominerba juga kerap menggandeng pihak lain yang bisa memberi hasil lebih maksimal.

Kali ini, PPSDM Geominerba bekerja sama dengan Politeknik Negeri Banjarmasin menyelenggarakan Diklat Pemboran dan Peledakan pada Pertambangan Mineral dan Batu Bara yang diikuti para Dosen.

Selain memberikan gambaran terdekat tentang kompetensi juru ledak di industri pertambangan, Diklat ini juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang komperehensif tidak hanya aspek teoritis akademis tetapi juga aspek praktis industri kepada para mahasiswa.

Pembukaan diklat ini dilakukan langsung oleh Penanggung Jawab beasiswa re-tooling dosen vokasi dari Politeknik Negeri Banjarmasin, Darmansyah. Beliau didampingi perwakilan dari PPSDM Geominerba, Kepala Sub Bidang Sarana Prasarana Pengembangan SDM dan Informasi, Denny Lumban Raja, dan Wanda Adinugraha selaku Instruktur, Senin (11/11) pagi di Pyramid Suites Hotel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sebanyak 20 dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Bukan sembarang perguruan tinggi, tapi juga lembaga yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pertambangan di Indonesia.

Diklat Pemboran dan Peledakan pada Pertambangan Mineral dan Batu Bara yang diikuti para Dosen.

Selama lima hari, 11-15 November 2019 para peserta akan mendapatkan ilmu terkait peledakan pada kegiatan pertambangan mineral dan batubara. Tak hanya teori, para dosen ini juga diajarkan langsung bagaimana mengelola pelaksanaan kegiatan pertambangan mineral dan batubara tersebut.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Duel Persib vs Arema, Panpel Perketat Pengamanan

Posted: 11 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Persib akan memperketat keamanan pada laga Maung Bandung melawan Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/19) sore nanti.

Pengamanan dilakukan terutama untuk mengatur ketertiban penonton. "Pintu stadion 15 menit ditutup setelah pertandingan dimulai. Pintu juga akan dibuka lebih awal, jadi yang sudah bertiket langsung masuk. Jam 13:30 WIB pintu stadion sudah dibuka," kata General Coordinator panpel Persib, Budi Bram Rachman, Senin (11/11/19).

Lebih lanjut, Budi mengatakan, sebelum memasuki area stadion, pihak keamanan akan melakukan beberapa pemeriksaan kepada penonton.

"Tiket sudah sold out, artinya animo pertandingan ini sangat luar biasa. Body check akan lebih diperketat. Rantis juga sudah bagian dari protap setiap pertandingan big match," ucapnya.

Panpel juga mengimbau kepada Bobotoh yang tak memiliki tiket untuk tidak memaksakan datang ke stadion. Dia menganjurkan suporter fanatik Persib itu, tak bertiket untuk melakukan nonton bareng di wilayahnya masing-masing.

"Antisipasi sudah diperkirakan akan ada seperti itu. Pak Kapolres juga wanti-wanti, ada upaya mungkin lebih baiknya di distrik-distrik adakan nobar, tidak usah memaksakan datang," ujarnya.

Urusan pengamanan, kata dia, pihak kepolisian mengerahkan pasukan sebanyak 2.100 personil guna mengamankan pertandingan Persib vs Arema FC. Petugas kepolisian itu nantinya akan menjaga kondusifitas pertandingan hingga menjaga keamanan di bagian luar stadion.

"Ya kita inginnya pertandingan berjalan sesuai harapan, tidak ada kesan mencekam. Kami berharap pertandingan bisa dinikmati dan Aremania juga diimbau tidak datang," tegasnya.

 

 

Tiket Habis Dipesan

General Coordinator panpel Persib, Budi Bram Rachman. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Soal tiket yang dipesan, Budi mengatakan total tiket yang dicetak panpel Persib yakni sebanyak 25.500 lembar. Menurut dia, animo Bobotoh untuk menyaksikan pertandingan big match antara Persib vs Arema FC, begitu tinggi.

"Kita cetak tiket untuk umum itu ada 24 ribu dan ada compliment sekitar 100 tiket. Seluruhnya cetak 25,500 tiket," ujarnya.

Bram memaklumi minat pembelian tiket cukup tinggi lantaran pertandingan antara Maung Bandung kontra Singo Edan adalah pertandingan yang dinanti-nanti oleh Bobotoh selain partai melawan Persija Jakarta akhir bulan Oktober lalu yang gagal terselenggara di Bandung.

"Ini kan pertandingan yang penting ditunggu. Pertama big match, kedua beberapa pertandingan big match tidak bisa digelar di bandung. Jadi ini bisa menjadi obat kangen Bobotoh untuk partai unggulan," katanya.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPOM Buka 277 Formasi CPNS 2019 untuk di Pusat dan Daerah, Tertarik?

Posted: 11 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seperti instansi pemerintahan lain, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membuka pendaftaraan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

"Badan POM membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi CPNS untuk mengisi lowongan formasi Padan Pom Tahun Anggaran 2019," begitu bunyi pengumuman yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi Reri Indriani.

Untuk tahun 2019, BPOM membuka lowongan bagi 277 formasi CPNS. Tak hanya untuk penempatan di BPOM Pusat juga tersedia kesempatan bekerja Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dan BPOM daerah.

Misalnya untuk jabatan Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Pertama dengan latar belakang pendidikan S1 Kimia tersedia lowongan untuk BBPOM Padang, BBPOM Medan, BPOM Batam, BBPOM Aceh, BBPOM Palembang, BPOM Manokwari.

 

Formasi CPNS 2019 BPOM (Screenshoot laman cpns.pom.go.id)

Butuh Lulusan D-III

Tak hanya lulusan strata satu dan strata dua, lowongan CPNS BPOM di 2019 juga terbuka untuk lulusan D-III.

Hal ini terbuka untuk jabatan Penata Laksana Barang terbuka lowongan D-III Ekonomi dan Akuntansi untuk penempatan di BPOM Pusat, BBPOM Bandar lampung, BPOM Batam, dan BBPOM Jakarta, BBPOM Serang, hingga BPOM Manokwari dan Kupang.

Petugas Protokol juga membuka lowongan bagi lulusan D-III Manajemen atau Bahasa atau Komunikasi. Nantinya, bakal ditempatkan di Biro Hubungan Masyarakat.

Informasi paling lengkap dengan mengunjungi cpns.pom.go.id.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPRD DKI Akan Panggil Kadis Kehutanan soal Penebangan Pohon

Posted: 11 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi berencana memanggil Kepala Dinas Kehutanan Suzi Marsitawati terkait penebangan pohon di sejumlah wilayah Jakarta.

"Mungkin saya akan tanya, panggil itu. Jadi jangan memberi masukan pada Pak Gubernur yang sebetulnya ada jalan keluar yang lebih baik," kata Prasetio di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Menurut dia, pohon itu seharusnya dipindahkan ke tempat lain saja. Meskipun nantinya pohon yang ditebang akan digantikan dengan pohon lain, seperti pohon Tabebuya.

"Mau ditanami silakan, tapi ini dipindahkan. Ini masalahnya pohon sebesar ini angsana, kan bagus ini. Pindahin kan di Jakarta masih banyak, deket waduk kan itu penguatan juga," papar dia.

Karena itu, dia meminta penebangan pohon di sejumlah trotoar dapat dikaji ulang. Sebab dia mengaku mendapatkan pengaduan mayarakat akan penebangan itu.

Politikus PDIP Perjuangan ini juga khawatir kondisi trotoar semakin gersang bila penebangan pohon terus dilanjutkan.

"Saya minta disetop dulu, saya mohon dikaji ulang (penebangan pohon)," ujar Prasetio.

Penebangan Pohon di Cikini

Sejumlah pekerja memotong sisa tebangan pohon di trotoar kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Dinas Kehutanan DKI Jakarta menebang pohon di seberang Stasiun Cikini dan akan mengganti pohon angsana dengan yang tidak merusak konstruksi pedestrian. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, sejumlah pohon rindang di Jalan Cikini Raya ditebang guna revitalisasi trotoar sepanjang Cikini hingga Salemba, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyatakan, sebelum adanya penebangan sejumlah pohon tersebut, pihaknya telah mendapat rekomendasi dari Dinas Kehutanan.

"Dilihat dari jenis pohonnya, itu pohon angsana sudah tua. Kedua, itu di bawahnya ngerusak saluran drainase. Ketiga, ngerusak konstruksi jalan," kata Hari saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (6/11/2019).

Kendati begitu, setelah ditebang pohon angsana akan digantikan pohon yang akarnya tidak merusak struktur jalan maupun saluran drainase. Selain itu, penebangan pohon itu kata Hari merupakan bentuk antisipasi musim penghujan.

"Ini sudah musim hujan kan mampet banjir, tahu-tahu ada pohon tumbang, nah kan dampaknya ke sana. Makanya diantisipasi sejak saat ini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi mengakui penebangan pohon di Jalan Cikini Raya guna program revitalisasi trotoar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontroversi Gim Penghina Nabi Muhammad di Garut

Posted: 11 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Pengungkapan kasus gim remi online oleh Mabes Polri di Jakarta langsung menyebar luas. Gim itu diduga dilakukan warga Garut, Jawa Barat. Dia diduga memuat konten penghinaan Nabi Muhammad dan agama Islam.

Tim Mabes Polri yang diterjunkan ke Garut, langsung melakukan penggeledahan di rumah IG (38), pembuat gim, untuk dimintai keterangan.

"Saat ditangkap IG ada di rumah mertuanya, lalu digiring sama polisi ke rumahnya," ujar Hilal Judin, Ketua RW 7 Desa Suci, Senin (12/11/2019).

Dalam penangkapan yang dilakukan pukul 21.00 WIB malam tersebut, IG tidak melawan. Polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti telepon genggam, laptop, buku, dan berkas. "IG itu aslinya dari Ciwalen (Garut Kota), istrinya yang asli dari sini," ujarnya.

Menurutnya, sosok IG dikenal baik di masyarakat, bahkan ia terbilang rajin beribadah dengan menjalankan salat lima waktu di masjid terdekat. Sehingga dugaan adanya penghinaan Nabi Muhammad, belum sepenuhnya diterima masyarakat.

"Saya minta ke warga untuk tenang dulu. Tunggu proses dari polisi. Soalnya belum tentu yang dituduhkan ke IG itu benar," ujar dia mengomentari tanggapan warganya.

Awalnya, IG dan istrinya mengontrak di sebuah rumah, hingga akhirnya berhasil membeli kavling tanah di wilayahnya yang kemudian dibangun sebuah rumah.

Bagi masyarakat sekitar di lingkungan RW 7, sosok IG dikenal sebagai konsultan, meskipun tidak dijelaskan secara rinci konsultan di bidang apa. "Warga di sini tahunya IG ini kerjanya malam," ujar dia.

Setelah dilakukan penangkapan dan pemeriksaan, IG akhirnya kembali menghirup udara bebas. Namun, IG diharuskan untuk wajib lapor polisi.

 

 

 

 

 

Reaksi MUI

Ketua MUI Garut KH Sirojul Munir saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut KH Sirojul Munir mengatakan, pembuatan gim penghina Nabi Muhammad itu jelas menyulut kemarahan umat muslim secara luas, lembaganya meminta kepolisian mengusut tuntas.

"Kalau sudah membuat permainan itu. Bukan hanya menistakan Nabi Muhammad, tapi agama Islam," kata dia.

Lembaganya ujar dia belum mengetahui secara utuh kasus tersebut, terlebih penanganan dilakukan tim Mabes Polri. "Karena yang menangkap itu katanya Mabes, mungkin akan diminta dari MUI pusat," ujarnya.

Namun meskipun demikian, di tengah ancaman kemarahan umat Muslim, pihaknya meminta agar masyarakat tidak terpancing provokasi dan tetap tenang. "Kalau kita sampai terpancing, berarti mereka berhasil," ujar dia.

Selain itu, untuk menjaga kondusivitas masyarakat, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan gim tersebut. "Lebih baik langsung dihapus saja," kata dia.

Sebelumnya, masyarakat dikejutkan dengan pengungkapan kasus gim penghina nabi oleh Mabes Polri. Dalam penyebarannya, gim tersebut bisa diakses di PlayStore dengan mudah. Saat menunggu pemain lain bermain gim online itu, muncul kata-kata yang menghina nabi dan agama.

Belakangan diketahui gim itu dibuat akun ParagiSoft yang beralamat di Cimasuk nomor 2, Desa Suci, Kecamatan Karangpawitan, Garut, dengan akun IG (38) yang merupakan warga Garut.

Selain Remi Indonesia, ParagiSoft juga membuat tiga gim lain, antara lain gaple, kartu 21, dan dua dunia (dunia Upin dan dunia Ipin). Gim remi itu kini sudah tak bisa diakses di PlayStore.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruben Onsu Naik Pitam Bisnisnya Dituding Gunakan Ritual Pesugihan

Posted: 11 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ruben Onsu kembali diterpa pemberitaan tak menyenangkan. Kali ini, mengenai usaha kulinernya.

Bisnis yang dijalani Ruben Onsu disebut-sebut laris manis karena menggunakan ritual pesugihan.

Isu ini berembus dari sebuah konten yang dibuat seseorang di saluran YouTube. Sayangnya, saat ini video tersebut tidak lagi bisa diakses.

Sebagai pemilik bisnis, Ruben Onsu merasa dirugikan. Ia menilai tudingan itu sangat tidak masuk akal.

Amarah Memuncak

Ultah BensuBakso milik Ruben Onsu (Adrian Putra/Fimela.com)

"Jadi yang saya marah di situ, saya anggap dia berbicara yang kurang pantas tentang hal yang kurang logis," ujar Ruben Onsu di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Amarahnya memuncak karena konten itu juga menyebut bisnis yang dirintisnya telah memakan korban.

Katanya

Saat hadir dalam acara KICKS di Jakarta Pusat, Senin (14/8) Ruben mengaku bahwa ia diminta untuk menggantikan Jupe. Saat itu, pelantun lagu Belah Duren itu mengaku tidak bisa datang lantaran terbaring di rumah sakit. (Adrian Putra/Bintang.com)

Tentu saja tudingan ini sangat menjatuhkan karena tidak sesuai fakta.

"Ini, kan ada beberapa ribu orang yang bekerja dengan saya. Lalu, kok ada kata-katanya yang memakan korban, korban yang mana?" Ruben Onsu menyambung.

Diwakili Jordi Onsu

Ultah BensuBakso milik Ruben Onsu (Adrian Putra/Fimela.com)

Diwakili adiknya, Jordi Onsu, Ruben Onsu melaporkan pemilik saluran YouTube tersebut ke Polda Metro Jaya, Senin (11/11/2019).

Jordi Onsu membuat laporan didampingi pengacara Minola Sebayang.

Tindak Pencemaran Nama Baik dan Fitnah

Sarwendah dan Ruben Onsu (Instagram/sarwendah29)

"Mau tanya itu, korban yang mana yang dimaksud. Jadi saya menggunakan hak suara saya, ya saya membuat laporan ke polisi kepada orang-orang yang punya konten digital itu," Jordi Onsu menjelaskan.

Jordi Onsu melaporkan akun YouTube tersebut dengan dugaan tindak pencemaran nama baik dan fitnah terhadap usaha kuliner Ruben Onsu dengan nomor LP/7252/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiongkok Buat Peraturan tentang Waktu dan Durasi Bermain Gim

Posted: 11 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah tahun lalu World Health Organization (WHO) mengumumkan bahwa kecanduan bermain gim termasuk ke dalam gangguan mental, Tiongkok mengambil langkah untuk mengurangi kecanduan bermain gim.

Negeri Tirai Bambu itu mengeluarkan beberapa aturan yang membatasi waktu dan durasi bermain gim.

Seperti dilansir dari CNN, Selasa (12/11/2019), gamer berumur di bawah 18 tahun akan tidak diperbolehkan bermain gim antara jam 10 malam hingga 8 pagi.

Pada hari kerja, anak hanya diperbolehkan bermain selama 90 menit. Namun ketika akhir pekan atau hari libur, anak-anak akan mendapatkan tambahan waktu menjadi 180 menit.

Tidak hanya waktu, peraturan ini juga mencakup pengeluaran/belanja di dalam transaksi mikro di gim. 

Bermitra dengan polisi

Gamer berumur 8 sampai 16 tahun diperbolehkan mengeluarkan uang hingga 200 Yuan atau sekitar 400 ribu Rupiah. Sementara gamer berumur 16 sampai 18 tahun diperbolehkan mengeluarkan dua kali lipatnya.

Untuk mengidentifikasi apakah ada gamer yang melanggar, pemerintah bermitra dengan kepolisian untuk menciptakan suatu sistem baru dalam pendaftaran karakter di gim.

Pemain nantinya akan diharuskan untuk menggunakan nama asli, hal ini juga memudahkan perusahaan gim menyocokan nama dengan basis data negara.

(Keenan Pasha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Dewan Kesenian Situbondo Populerkan Lagu Daerah

Posted: 11 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Kesenian (DKS) Situbondo, Jawa Timur, Edy Supriyono optimistis lagu-lagu khas "Situbondoan" ciptaan seniman dan budayawan akan populer jika terus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

"Untuk memopulerkan lagu-lagu khas Situbondoan yang merupakan ciptaan seniman Situbondo, kami juga telah bekerja sama dengan youtubers dan komunitas lainnya," kata Edy Supriyono usai acara penyerahan hadiah lomba cipta lagu Situbondoan di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin, 11 November 2019.

Oleh karena itu, menurut ia, untuk memopulerkan lagu khas Situbondo yang menggunakan bahasa Madura, DKS mengajak seluruh elemen masyarakat Situbondo turut memberikan dukungan, salah satunya dengan mengunggah lagu-lagu itu di sosial media, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, DKS akan terus berjuang demi karya-karya seni Situbondo dan juga terus mencari format lagu-lagu yang mencerminkan kekhasan Situbondo.

"Seniman Situbondo pernah merajai untuk pencipta lagu Madura pada tahun 90-an. Oleh karena itu, kejayaan itu kami kembalikan dengan dalam lomba cipta lagu Situbondoan, sekaligus mencari identitas lagu Situbondo," ucapnya.

 

DKS Harus Semakin Aktif

Berada di lokasi yang strategis, Pantai Pasir Putih masih menjadi pilihan libur lebaran masyarakat Situbondo.

Keberadaan DKS untuk penanganan kesenian dan kebudayaan, kata dia, harus semakin aktif berkomunikasi, sehingga karya-karya seniman Situbondo mendapat apresiasi dari pemerintah dalam bidang seni dan budaya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengapresiasi langkah yang dilakukan DKS dalam menggali potensi seni budaya Situbondo.

"Kabupaten maju tanpa seni dan budaya, karya-karya seniman dan budayawan akan terasa hambar," kata Dadang.

Ia menilai seniman dan budayawan Situbondo mampu menunjukkan karya-karya terbaiknya di hadapan publik.

"Kami minta seniman dan budayawan Situbondo mau merangkul komunitas-komunitas lainnya, guna memopulerkan lagu Situbondoan melalui sosial media dan sebagainya," ujarnya.

Selain penyerahan hadiah kepada pemenang lomba cipta lagu khas Situbondo, Dewan Kesenian Situbondo juga menggelar dialog interaktif dan penghargaan kepada perumus baju khas Situbondo serta perumus dan penggarap Tari Landhung khas Situbondo.

Dalam kegiatan dialog interaktif itu, Dewan Kesenian Situbondo melibatkan tokoh-tokoh senior dalam bidang kesenian yang dinilai mampu memopulerkan seni dan budaya Situbondo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kulik-Kulik Guyuran Rp 6 Triliun untuk Dana Parpol

Posted: 11 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rencana kenaikan dana parpol menjadi polemik di masyarakat. Dana parpol Rp 6 triliun per tahun renananya akan dimasukan dalam APBN tahun 2023.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Salah Koordinat, Kapal Selam PD II AS yang Raib 75 Tahun Ditemukan

Posted: 11 Nov 2019 08:57 PM PST

Liputan6.com, Okinawa - Sudah 75 tahun sejak USS Grayback hilang bersama 80 pelaut di dalamnya. Berkat sebuah organisasi yang melakukan pencarian mendalam, misteri raibnya kapal selam era Perang Dunia II yang tenggelam lebih dari tujuh dekade lalu terpecahkan.

Mengutip CNN, Selasa (12/11/2019), pada Minggu 11 November 2019, penjelajah bawah laut Tim Taylor dan timnya di Lost 52 Project mengumumkan bahwa mereka menemukan kapal selam yang telah lama hilang pada 5 Juni 2019. Lokasinya berada sekitar 1.427 kaki di bawah laut lepas Okinawa, Jepang.

Tahun lalu, peneliti Yutaka Iwasaki menemukan bahwa Angkatan Laut pada awalnya membuat kesalahan dalam menerjemahkan catatan perang Jepang yang merinci di mana Grayback kemungkinan tenggelam. Selama ini, catatan sejarah Angkatan Laut telah mencantumkan garis bujur yang salah untuk lokasi kapal selam itu.

Berbekal informasi itu, serta catatan misi Jepang yang baru ditemukan dan diterjemahkan, Taylor mengatakan kepada CNN bahwa timnya melakukan ekspedisi untuk mencari Grayback, kali ini mencari di daerah barat daya Okinawa. Dengan bantuan kendaraan bawah laut otonom, kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh dan teknologi pencitraan canggih, tim menemukan Grayback sekitar 100 mil dari koordinat perkiraan awal lokasi kapal tenggelam.

Penemuan ini secara resmi dikonfirmasi oleh Angkatan Laut, Robert S. Neyland, kepala Naval History and Heritage Command's Underwater Archaeology Branch - US Navy.

Hilang Sejak 1944

Ilustrasi dasar laut (iStock)

Pada 28 Januari 1944, USS Grayback berlayar dari Pearl Harbor ke Laut China Timur untuk patroli tempur ke-10. Sekitar sebulan kemudian, kapal selam itu melaporkan menenggelamkan dua kapal kargo Jepang pada 19 Februari.

Serangan itu membuat Grayback hanya memiliki dua torpedo, dan kapal itu diperintahkan pulang dari patroli.

Meskipun Grayback dijadwalkan tiba di Midway pada 7 Maret, lebih dari tiga minggu berlalu armada itu tak terlihat. Pada 30 Maret 1944, Grayback, salah satu kapal selam paling sukses di Perang Dunia II, dilaporkan hilang.

Keluarga Awak USS Grayback Lega

Ilustrasi Laut (Sumber Foto: Pexels)

Keluarga awak USS Grayback akhirnya mendapat jawaban yang selama ini mereka cari. Setelah tujuh dekade lebih, mereka mengetahui keberadaan anggota keluarganya di dalam armada tersebut.

Gloria Hurney, yang pamannya Raymond Parks meninggal di Grayback, mengatakan bahwa dia tidak yakin Grayback akan ditemukan. Jadi, ketika dia pertama kali mengetahui penemuan itu, dia merasa penuh haru dan terkejut serta tidak percaya. Namun, pada akhirnya, perasaan itu berubah menjadi lega dan damai.

"Penemuan ini membawa pada akhir pertanyaan yang meliputi tenggelamnya Grayback dan lokasinya," kata Hurney dalam sebuah pernyataan kepada CNN. "Saya percaya itu akan memungkinkan kelegaan karena kerabat awak berkumpul untuk berbagi cerita mereka."

Angkatan Laut AS kemudian menggemakan sentimen itu.

"Setiap penemuan armada yang tenggelam adalah kesempatan untuk mengingat dan menghormati jajsa para pelaut kita," kata Neyland dalam sebuah pernyataan.

"Mengetahui tempat peristirahatan terakhir mereka membawa kelegaan tersendiri, bagi keluarga dan teman-teman awak kapal juga memungkinkan tim lebih memahami keadaan di mana kapal itu hilang."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Keuangan Syariah Bisa Jadi Alternatif Penguatan Ekonomi Dunia

Posted: 11 Nov 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) kembali mengadakan Indonesia Sharia Economic Festival ke-6 yang berlangsung di Jakarta pada 12-16 November 2019. Dalam rangkaian acara, turut pula diadakan International Islamic Monetary Economics And Finance Conference And Call For Papers 2019.

Pada konferensi keuangan syariah itu, Bank Indonesia dan Wakil Menteri Keuangan Malaysia kompak menyuarakan dukungan bagi ekonomi syariah. Sistem ini dipandang lebih inklusif serta mampu menjadi alternatif penguatan ekonomi di tengah dunia yang sedang penuh ketidakpastian.

"Keuangan yang berbasis syariah dapat berkontribusi dengan mempromosikan ide berbagi dan integrasi keuangan bersifat komersial dan sosial. Itu adalah faktor-faktor yang memastikan daya tahan dan inklusi ekonomi," ujar Deputi Gubernur BI Dody Waluyo, Selasa (12/11/2019) di JCC, Jakarta.

Dody pun menyebut bahwa ekonomi syariah tidak hanya cocok bagi negara-negara mayoritas Muslim saja. Ekonomi syariah pun disebut bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan struktur neraca transaksi berjalan.

 

Syariah Bisa Berkembang Pesat Lewat Teknologi

Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk

Wakil Menteri Keuangan Malaysia Amiruddin bin Hamzah menyebut ekonomi syariah bisa berkembang pesat lewat teknologi. Sebab, ada 1,7 miliar orang yang belum punya layanan bank di dunia, sehingga ini menjadi peluang bagi perbankan syariah.

Lewat teknologi, ekonomi syariah pun bisa masuk ke masyarakat yang belum mendapatkan layanan keuangan, terutama di daerah pedesaan yang masih enggan menggunakan perbankan konvensional karena alasan agama.

"Bagi keuangan Islami, fintech bisa menarik lebih banyak konsumen, menambah efisiensi, mengurangi harga, serta membantu keuangan Islami agar menjadi lebih kompetitif tanpa mengkompromikan profitabilitas," ujar Wamenkeu Malaysia.

"Kami harap keuangan Islami bisa menyebarkan kebaikan Islam ke seluruh masyarakat di seluruh dunia," pungkasnya.

 

Kumpulkan Papers

Untuk bagian Call for Papers, konferensi ini mengumpulkan 250 paper akademis dari 25 negara. Sebanyak 39 paper dari 10 negara terpilih untuk dipresentasikan di ajang ini.

22 paper ditulis oleh akademisi lokal dan 17 oleh asing. Paper tersebut kemudian akan direview untuk dipublikasi di Journal of Islamic Monetary Economics and Finance (JIMEF) milik BI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Begini Meriahnya Menyambut Musim Karnaval di Jerman

Posted: 11 Nov 2019 08:51 PM PST

Seorang pria dengan topeng Donald Trump bersuka cita saat puluhan ribu orang menyambut dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Tradisi ini akan dimulai tepat pada jam 11.11, tanggal 11, dan bulan sebelas. (AP Photo/Martin Meissner)

Seorang pria dengan topeng Donald Trump bersuka cita saat puluhan ribu orang menyambut dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Tradisi ini akan dimulai tepat pada jam 11.11, tanggal 11, dan bulan sebelas. (AP Photo/Martin Meissner)

Sekelompok pria dengan kostum Santa Claus tiba di stasiun kereta api saat orang-orang menyambut dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Kostum berbagai warna dan bentuk menambah suasana meriah di jalan-jalan dan tempat-tempat umum (AP Photo/Martin Meissner)

Sekelompok pria dengan kostum Santa Claus tiba di stasiun kereta api saat orang-orang menyambut dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Kostum berbagai warna dan bentuk menambah suasana meriah di jalan-jalan dan tempat-tempat umum (AP Photo/Martin Meissner)

Seorang pria dengan mengenakan kostum Horror Clown berjalan saat puluhan ribu orang bersuka ria merayakan dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Karnaval ini akan mencapai puncaknya pada bulan Februari 2020. (AP Photo/Martin Meissner)

Seorang pria dengan mengenakan kostum Horror Clown berjalan saat puluhan ribu orang bersuka ria merayakan dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Karnaval ini akan mencapai puncaknya pada bulan Februari 2020. (AP Photo/Martin Meissner)

Seorang perempuan berswafoto dengan orang-orang berkostum Stormtrooper, karakter dalam film Star Wars saat puluhan ribu orang bersuka ria merayakan dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). (AP Photo/Martin Meissner)

Seorang perempuan berswafoto dengan orang-orang berkostum Stormtrooper, karakter dalam film Star Wars saat puluhan ribu orang bersuka ria merayakan dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). (AP Photo/Martin Meissner)

Sekelompok pria mengenakan kostum di jalanan pusat perbelanjaan saat puluhan ribu orang menyambut dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Musim karnaval ini dikenal juga sebagai musim kelima dalam satu tahun. (AP Photo/Martin Meissner)

Sekelompok pria mengenakan kostum di jalanan pusat perbelanjaan saat puluhan ribu orang menyambut dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Musim karnaval ini dikenal juga sebagai musim kelima dalam satu tahun. (AP Photo/Martin Meissner)

Dua badut mencoba melintas di mana puluhan ribu orang bersuka ria merayakan dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Tradisi ini akan dimulai tepat pada jam 11.11, tanggal 11, dan bulan sebelas. (AP Photo/Martin Meissner)

Dua badut mencoba melintas di mana puluhan ribu orang bersuka ria merayakan dimulainya musim karnaval di jalan-jalan Kota Cologne, Jerman, Senin (11/11/2019). Tradisi ini akan dimulai tepat pada jam 11.11, tanggal 11, dan bulan sebelas. (AP Photo/Martin Meissner)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Geothermal Gelontorkan USD 2,68 Miliar untuk Kembangkan Panas Bumi

Posted: 11 Nov 2019 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (persero) memaksimalkan penggunaan energi bersih melalui pengembangan panas bumi. Energi bersih ini untuk memenuhi kebutuhan serta keberlangsungan suplai energi nasional.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan, Indonesia memiliki 40 persen dari potensi panas bumi di dunia atau setara 29 ribu Mega Watt (MW). Namun, baru sekitar 6 persen dari potensi tersebut yang telah digarap.

"Sebagai BUMN, Pertamina memiliki peran strategis untuk keberlangsungan suplai energi nasional. Salah satunya dengan terus berupaya menjamin ketersediaan energi baik dari sumber minyak dan gas bumi, maupun pengembangan sumber energi baru terbarukan," kata Samsu, di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Untuk itu, melalui rencana jangka panjang 2021-2026, Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Geothermal Energi (PGE) akan berinvestasi sebesar USD 2,68 miliar untuk pengembangan wilayah kerja panas bumi yang ada.

Selain itu, PGE juga akan menggarap 2 wilayah kerja baru sehingga kapasitas terpasang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) miliknya akan meningkat hampir 2 kali lipat dari 672 MW menjadi 1.112 MW.

Dengan demikian PGE optimis dapat meningkatkan cadangan menjadi 2.175 MW dan produksi listrik menjadi 7.455 Giga Watt hour (GWh).

 

Terangi 1 Juta Rumah

Suasana  pembangunan PLTP Unit 5 &  6 di Tompaso, Sulut, Rabu (30/3/2016). PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) terus mengembangkan energi baru terbarukan yang berfokus pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Dharmawan, dari total kapasitas terpasang saat ini, pemanfaatan energi panas bumi tersebut berpotensi dapat menerangi 1.344.000 rumah dan menghemat cadangan devisa migas sekitar 31.785 barel setara minyaka per hari (Barel Oil Equivalent Per Day/BOEPD) serta pengurangan emisi sebesar 3,4 ton CO2 per tahun.

Selain turut mengembangkan infrastruktur, memelihara lingkungan hidup, dan memberdayakan masyarakat di wilayah operasinya.

Pengembangan panas bumi yang dilakukan oleh PGE juga memberikan kontribusi kepada penerimaan negara sebesar 34 persen dari pendapatan operasi PGE, selain itu juga berkontribusi langsung kepada penerimaan daerah melalui pemberian bonus produksi yang ditransfer langsung ke kas daerah sebesar 1 persen dari pendapatan kotor untuk penjualan uap dan 0,5 persen dari pendapatan kotor untuk penjualan listrik.

"Kami akan terus meningkatkan produksi dan mengupayakan potensi panas bumi yang melimpah di Indonesia untuk mewujudkan ketahanan energi nasional di masa depan,"pungkasnya‎.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Jerawat Tambah Banyak, Hindari 6 Kebiasaan Ini

Posted: 11 Nov 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya kulit berminyak, jerawat juga menjadi salah satu masalah kulit yang paling sulit ditangani bagi sebagian orang. Pasalnya, jerawat di wajar sering dianggap dapat mengganggu penampilan.

Memang, tak mudah untuk menghilangkan jerawat begitu saja. Apalagi jerawat bisa meninggalkan bekas di wajah yang juga dapat membuat banyak orang, khususnya wanita, merasa risih.

Faktanya, terdapat enam kebiasaan yang tanpa Anda tahu ternyata dapat membuat jerawat di wajah semakin banyak. Berikut enam hal yang bisa bikin jerawat tambah banyak dan bisa segera Anda hindari seperti dilansir dari laman boldsky.com, Selasa (12/11/2019):

1. Ponsel yang tak bersih

Wajah Anda memproduksi minyak dan keringat yang menempel saat sedang menerima panggilan telepon. Hal tersebut juga dapat membuat jerawat menjadi semakin banyak tumbuh di wajah. Telepon seluler (ponsel) yang kotor dapat menyebabkan bakteri menempel dan merusak wajah.

 

2. Sering ganti produk pembersih wajah

Ilustrasi Foto Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

Pastikan Anda selalu menggunakan produk yang cocok untuk jenis kulit Anda. Penting untuk melakukan tes sebelum enggunakan produk tertentu. Jangan lupa untuk mengecek apakah kulit alergi pada kandungan tertentu.

Saat berganti produk, bisa jadi Anda menggunakan produk yang salah dan membuat jerawat semakin banyak tumbuh.

 

3. Tidak bersihkan wajah sebelum tidur

Ternyata, Anda masih saja melakukan beberapa kesalahan di bawah ini saat mencuci muka, penasaran apa saja? (iStockphoto)​

Setelah berkegiatan seharian, biasanya Anda malas membersihkan wajah sebelum tidur. Hati-hati, makeup yang tidak dibersihkan dapat memproduksi minyak berlebih dan memancing lebih banyak jerawat. Jangan pernah tidur dengan keadaan wajah masih penuh makeup.

 

4. Terlalu sering membersihkan wajah

Ilustrasi cuci muka/copyright shutterstock

Membersihkan wajah tentu bagian yang penting untuk mengurangi jerawat. Tapi terlalu sering membersihkan wajah dapat memancing wajah memproduksi lebih banyak minyak dan membuat lebih banyak jerawat tumbuh di wajah.

 

5. Stres

Liburan Usai, Ini Tips Bebas Stres di Hari Pertama Kerja (Hledo/Shutterstock)

Stres juga dapat mengundang lebih banyak jerawat. Itu lantaran jerawat tidak hanya disebabkan oleh faktor fisik tapi juga mental.

Tingkatan stres dapat berdampak luar biasa pada kulit setiap kali Anda merasa banyak pikiran. Cobalah untuk berjalan cepat, meditasi, atau sekadar membaca buku untuk menenangkan pikiran.

 

6. Mengorek jerawat

(Sumber: iStockphoto)

Kebanyakan orang yang berjerawat memiliki kebiasaan mengorek dan mencungkil jerawat saat jerawat baru tumbuh. Jika Anda juga melakukan kebiasaan tersebut, segera hentikan.

Mengorek jerawat sama sekali tidak membantu mengurangi jerawat di wajah. Sebaliknya itu hanya membuat semakin banyak jerawat di wajah. Jadi lain kali, tahan diri saat ingin mengorek jerawat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menangis karena Wajah Rusak, Ini 6 Potret Terbaru Susan Sameh

Posted: 11 Nov 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Susan Sameh saat ini sedang menjadi sorotan publik terkait wajahnya yang rusak. Susan Sameh pun menangis karena wajahnya jerawatan dan beruntusan parah karena salah memilih produk kecantikan. Akibatnya perempuan kelahiran 24 Februari 1997 ini merasa stres karena berkaitan juga dengan jadwal syuting yang mengharuskannya tampil memesona.

Susan pun merasa kebingungan dengan wajahnya yang rusak parah. Ia sempat panik dan takut karena wajah rusaknya ini dianggapnya sebagai mimpi buruk. Saking takutnya, Susan pun menangis kepada kekasihnya, Fero Walandaow yang selalu ada disampingnya.

"Aku sampai nangis, bilang 'Sayang gimana ya muka aku, aku benar-benar enggak bisa syuting ya'. Itu tiga atau empat hari lalu, karena satu muka. Apa yang harus aku lakuin karena ini parah banget," ujar Susan Sameh saat ditemui di Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

Kejadian ini membuat seleb keturunan Mesir ini menjadi selektif memilih produk kecantikan. Rusaknya wajah Susan Sameh pun dibagikan di Instagram Storiesnya kemarin (11/11/2019). Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @susansameeh, potret terbaru Susan Sameh, Selasa (12/11/2019).

1. Ini dia wajah rusak Susan Sameh karena salah memilih produk kecantikan. Jerawat dan beruntusan parah terjadi 3 bulan yang lalu.

Menangis Karena Wajah Rusak, Ini 6 Potret Terbaru Susan Sameh (sumber: Instagram.com/susansameeh)

2. Kini, wajah kekasih Fero Walandaow ini sudah kembali membaik. Susan sempat panik karena wajah rusaknya mengganggu proses syuting.

Menangis Karena Wajah Rusak, Ini 6 Potret Terbaru Susan Sameh (sumber: Instagram.com/susansameeh)

3. Ditemani Fero, perempuan berusia 22 tahun ini sekarang sangat selektif memilih perawatan untuk wajahnya.

Menangis Karena Wajah Rusak, Ini 6 Potret Terbaru Susan Sameh (sumber: Instagram.com/susansameeh)

4. Kini Susan lebih memperhatikan produk kecantikan yang ia gunakan seperti mengecek produk tersebut sudah tersertifikasi BPOM.

Menangis Karena Wajah Rusak, Ini 6 Potret Terbaru Susan Sameh (sumber: Instagram.com/susansameeh)

5. Selain selektif memilik produk kecantikan, perempuan keturunan Mesir ini juga mengurangi makanan berminyak, berlemak dan berprotein tinggi.

Menangis Karena Wajah Rusak, Ini 6 Potret Terbaru Susan Sameh (sumber: Instagram.com/susansameeh)

6. Kini wajah Susan sudah tak berjerawat dan beruntusan lagi. Semakin terlihat memesona saja kan?

Menangis Karena Wajah Rusak, Ini 6 Potret Terbaru Susan Sameh (sumber: Instagram.com/susansameeh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wajah Baru Tiga Agen Rahasia Cantik di Film Charlie's Angels 2019

Posted: 11 Nov 2019 08:45 PM PST

Aktris Naomi Scott berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

Aktris Naomi Scott berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

Aktris Ella Balinska berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

Aktris Ella Balinska berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

Aktris Kristen Stewart berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

Aktris Kristen Stewart berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

Aktris Kristen Stewart, Naomi Scott dan Ella Balinska berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

Aktris Kristen Stewart, Naomi Scott dan Ella Balinska berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP3TKI Nunukan dan Kepolisian Amankan 2 Calo PMI Non Prosedural

Posted: 11 Nov 2019 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Nunukan bersama Kepolisian Resor (Polres) Nunukan berhasil mengamankan pelaku yang diduga calo memberangkatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural ke wilayah Sabah Malaysia.

Kepala BP3TKI Nunukan, AKBP Hotma Victor Sihombing mengatakan, kronologis kejadian pada Senin (11/11/2019), BP3TKI Nunukan menerima informasi dari masyarakat tentang adanya aktifitas keluar masuk PMI non prosedural di daerah Sungai Nyamuk Sebatik Kabupaten Nunukan.

Selanjutnya dari informasi tersebut, di teruskan ke Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Nunukan, AKBP Teguh Triwantoro dan pada Selasa, (12/11/2019). Kemudian Polres Nunukan bersama BP3TKI Nunukan langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku yang bernama Suprianto alias Aco, 44 tahun, asal Bone Sulawesi Selatan yang beralamat di jalan Bhayangkara RT 11 Desa Sei Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur Kabupaten Nunukan. Tidak hanya itu, Polres Nunukan juga mengamankan Ali Nurdin alias Ali Ambon, 39 tahun, asal Kendari Sulawesi Tenggara yang beralamat di jalan Ahmad Yani RT 07 Desa Pancang Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan.

Victor menyatakan, unit Reskrim langsung melakukan pemeriksaan awal dan gelar perkara. Undang-Undang yang di sangkakan yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Ali Nurdin alias Ali Ambon mengakui telah memasukan sebanyak 5 orang PMI tanpa dokumen resmi dengan rincian 2 orang Laki-laki dewasa dan 3 orang perempuan dewasa dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur laut. Dengan tarif RM 20 (dua puluh ringgit malaysia), yang mana orang tersebut naik dipelabuhan sungai nyamuk kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke nunukan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan Suprianto alias Aco mengakui telah mencarikan alat angkut menuju Nunukan yaitu taksi dengan upah Rm. 10 (sepuluh ringgit malaysia). Kelima orang penumpang tersebut sudah meninggalkan sebatik menuju nunukan," jelas Victor

Victor menambahkan, untuk penerapan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang masih diperlukan pembuktian lebih lanjut.

"Tindakan ini merupaka langkah Kongkrit dari Komitmen BP3TKI NUNUKAN untuk memberantas calo pemberangkatan PMI Non Prosesural," ungkap Victor.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Ritel Siap Serap Beras Kualitas Premium Milik Bulog

Posted: 11 Nov 2019 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) terkait penyediaan beras dan komoditi pangan pokok bagi konsumen. Nantinya pengusaha ritel siap menyerap beras milik Bulog.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) dan Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey yang turut disaksikan oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Hotel Arya Duta, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dalam sambutannya, Roy mengatakan, kerjasama ini digalang dengan tujuan untuk mendukung upaya penyediaan beras dan komoditi pangan pokok bagi konsumen dengan mutu yang baik dan harga sesuai ketentuan pemerintah.

"Kami mengajukan kepada pemerintah, tanda tangan dengan Bulog untuk penyerapan beras Bulog yang medium tapi kualitas premium untuk bisa didagangkan di toko ritel modern, sehingga bisa diterima seluruh masyarakat Indonesia," ujar Roy.

Menurutnya, Aprindo yang beranggotakan 150 perusahaan ritel dengan 45 ribu gerai yang tersebar di 30 provinsi seluruh Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga keamanan distribusi barang dan stabilisasi harga, khususnya yang rentan akan fluktuasi harga.

Sementara itu, Buwas menyampaikan, melalui pelaksanaan kerjasama antara Perum Bulog dengan Aprindo ini, nantinya diharapkan agar seluruh proses dalam mewujudkan pemenuhan kebutuhan komoditi pangan pokok bagi masyarakat melalui Aprindo dapat ditangani secara baik dengan memanfaatkan kompetensi dari kedua belah pihak.

"Hal ini sangat penting untuk mendukung upaya pemerintah dalam meredam gejolak harga pangan yang tercermin dari stabilnya tingkat inflasi nasional khususnya inflasi bahan pangan," tuturnya.

"Dengan jumlah jaringan gudang mencapai lebih dari 1.400 unit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Bulog telah menjadi bagian dari kekuatan nasional untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dalam hal ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi harga," tandasnya.

 

Jelang Nataru, Kemendag dan Bulog Akan Operasi Pasar di Ritel Modern

Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)

 Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan siap menjaga ketersediaan pangan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tahun ini akan ada inovasi baru, yakni melakukan operasi pasar di ritel modern.

Operasi ini akan dilakukan atas kolaborasi antara pengusaha ritel modern dan Perum Bulog. Usaha Kemendag akan makin intens pada dua minggu menjelang Nataru.

 

"Baru saja dilakukan rapat bersama antara ritel modern yang ada di seluruh Indonesia di mana Pak Menteri (Agus Suparmanto) telah memberikan guidance agar dalam rangka stabilisasi bahan pokok, khususnya beras, nantinya ritel modern akan menjual Beras Medium di seluruh Indonesia," ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suhanto dalam jumpa pers bersama Menteri dan Wakil Menteri Perdagangan, Jumat (8/11/2019) di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Pihak Bulog turut hadir dalam rapat tersebut dan setuju pada operasi pasar di ritel modern. Diharapkan program ini menjaga agar bahan-bahan pokok bisa tetap terjaga pada Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Jadi kami harapkan dengan adanya ritel modern ikut serta nanti, semua barang-barang kebutuhan pokok, khususnya yang ada HET seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan daging akan selalu dalam keadaan terjamin HET-nya," jelas Suhanto.

Kemendag juga sudah mengumpulkan kepala dinas dari 34 provinsi untuk memonitor harga pangan. Suhanto menyebut sejauh ini tidak ada gejolak apapun terkait pangan.

Para Eselon I Kemendag pun sudah ditugaskan untuk terjun langsung memimpin rapat koordinasi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Sebanyak 15 provinsi yang umumnya memperingati hari raya Natal pun akan menjadi prioritas yang akan dipantau dari segi pasokan dan harga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Rumah Mewah Soimah di Jakarta, Ada Ruang Pembuatan Perhiasan

Posted: 11 Nov 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama pesinden kondang Indonesia, Soimah Pancawati sudah tidak asing lagi di telinga publik. Soimah merupakan salah satu seniman yang penuh talenta yang wajahnya sering menghiasi layar kaca. Sosok Soimah kini memang sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Bukan waktu singkat bagi Soimah untuk berada di titik yang sekarang. Wanita asal Pati, Jawa Tengah ini telah melewati lika-liku kehidupan yang dari susah hingga seperti sekarang. Walaupun telah sukses dan menjadi pesinden besar hingga menjadi juri ajang pencarian bakat, tak membuatnya sombong.

Ibu dua anak ini memang dikenal sebagai selebritis yang rendah hati. Tak heran jika Soimah tetap hidup sederhana meski dirinya disebut sebagai salah satu artis terkaya di Tanah Air. Salah satu bukti kesuksesannya adalah dengan memiliki dua rumah, yakni di Jakarta dan di Yogyakarta.

Rumah pelantun lagu 'Woyo Woyo' yang berada di Jakarta terbilang mewah dan unik. Hal ini diketahui publik dari video yang diunggah di channel YouTube Raffi Ahmad dan Nagita pada 19 Maret 2019.

Berikut 6 potret rumah Soimah yang Liputan6.com rangkum dari YouTube Rans Entertainment, Selasa (12/11/2019).

1. Ruang tamu rumah Soimah didominasi dengan warna putih. Bernuansa modern, sinden 39 tahun ini juga menambahkan sentuhan artistik.

Potret Rumah Mewah Soimah di Jakarta (sumber: YouTube/RansEntertainment)

2. Di rumahnya juga terdapat beberapa foto dan benda-benda berbau seni. Seperti wayang, lukisan-lukisan hingga vespa limited edition.

Potret Rumah Mewah Soimah di Jakarta (sumber: YouTube/RansEntertainment)

3. Begini potret taman indoor yang disulap menjadi tempat kerja Soimah. Selain itu ruang kerja ini juga dialih fungsikan jadi tempat 'bakar-bakar', untuk pesta kecil-kecilan keluarga.

Potret Rumah Mewah Soimah di Jakarta (sumber: YouTube/RansEntertainment)

4. Ruangan ini menjadi salah satu tempat favoritnya untuk nongkrong. Ia mengaku bisa menghabiskan waktu untuk duduk-duduk di ruangan tersebut selama 6 jam.

Potret Rumah Mewah Soimah di Jakarta (sumber: YouTube/RansEntertainment)

5. Ruang kerja pelantun 'Pelet Cinta' ini juga dilengkapi dengan lemari-lemari payet untuk membuat perhiasan dan aksesori. Soimah mengakui sering melepas stres dengan membuat kerajinan.

Potret Rumah Mewah Soimah di Jakarta (sumber: YouTube/RansEntertainment)

6. Area dapur Soimah begitu mewah dengan didominasi warna hitam dan putih. Di area dapur juga ada sebuah meja makan namun tak pernah dipakai.

Potret Rumah Mewah Soimah di Jakarta (sumber: YouTube/RansEntertainment)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Perintahkan Setiap Kementerian Pangkas Eselon IV

Posted: 11 Nov 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sebaik apapun peraturan, sebaik apapun regulasi jika orientasi birokrasi belum berubah maka akan menjadi masalah yang berkaitan dengan kecepatan, yang berkaitan dengan sumbatan.

Oleh sebab itu, reformasi birokrasi harus dilakukan besar-besaran, beriringan paralel dengan pemangkasan regulasi-regulasi yang ada. Selain itu Jokowi juga menekankan agar mengubah cara kerja yang manual ke cara kerja digital, mengubah mindset dari dilayani menjadi melayani.

"Saya kira di Kementerian PANRB juga sudah menyiapkan yang nanti akan memangkas, yang pertama mungkin eselon 4 terlebih dahulu di setiap kementerian, meskipun ini juga harus dilihat secara cermat kajiannya," kata Jokowi dikutip dari laman Setkab, Selasa (12/11/2019). 

Namun Jokowi mengingatkan, yang tidak kalah pentingnya adalah mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil.

"Jangan sampai kita masih bertele-tele di prosedur tapi golnya, hasilnya justru itu tidak dilihat. Sekali lagi mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil," tegasnya.

Jokowi juga menegaskan agar terjadi perbaikan ekosistem regulasi yang mendukung cipta lapangan kerja, seluruh kementerian harus mengidentifikasi regulasi-regulasi yang ada di kementerian yang menghambat.

"Jika ada yang menghambat, segera dipangkas atau diusulkan untuk dipangkas pada Presiden," pinta Jokowi.

Khusus yang berkaitan dengan mandat dalam undang-undang, menurut Presiden, akan dikumpulkan dan nanti akan dilakukan yang namanya omnibus law yang akan dibahas bersama DPR.

Mensesneg: Perampingan Eselon Tak Pengaruhi Jumlah Pegawai

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, menjelaskan jika langkah pemerintah melakukan perampingan eselon bertujuan untuk mengurangi rentang pengambilan keputusan sehingga pemerintah dapat bergerak dengan cepat.

Perampingan eselon dilontarkan Presiden Joko Widodo dalam pidato awal masa jabatan usai dilantik di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

Dikatakan jika perampingan merupakan bagian penting dari upaya pemerintah untuk melaksanakan reformasi birokrasi.

"Sebetulnya ini bagian penting dari sebuah program strategis Presiden, yakni deregulasi dan debirokratisasi. Ini berkaitan dengan rentang pengambilan keputusan. Jadi bagaimana rentang pengambilan keputusan itu diperpendek," ujar Pratikno, seperti dikutip Jumat (8/11/2019).

Selama ini, tingkatan eselon yang cukup banyak sering kali menjadikan instruksi pimpinan harus terlebih dahulu melewati rantai birokrasi yang panjang.

Optimalisasi terhadap hal tersebut merupakan tujuan utama dari ide perampingan eselon itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Akan Bertemu Dubes Amerika Siang Ini

Posted: 11 Nov 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pascadilantik menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto banyak menerima kunjungan dari duta besar (dubes) negara sahabat. Bahkan, hari ini Prabowo akan menerima Dubes Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Malaysia

Ketiganya akan bertemu dengan Prabowo Subianto dalam rangka kunjungan kehormatan. Rencananya Prabowo pertama kali akan menerima kunjungan dari Dubes Amerika pada pukul 13.00 - 14.00 WIB. Setelahnya, ia akan menerima kunjungan dari Dubes Arab Saudi pukul 15.00 - 16.00 WIB, dan disusul dengan Dubes Malaysia pukul 17.00 - 18.00 WIB.

"Iya betul (akan ada kunjungan). Dubes Amerika, Arab, dan Malaysia," kata Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzhar Simanjuntak saat dikonfirmasi, Selasa (12/11/2019).

Dalam pertemuan itu, Dahnil mengaku belum tahu apa saja yang akan dibincangkan. Namun, ia mengaku sejak awal Prabowo dilantik sebagai Menhan kerap kali menjamu dubes-dubes dari negara sahabat.

Bahas Apa?

Menurut Dahnil, biasanya dalam menerima kunjungan dubes, Prabowo membicarakan kondisi pertahanan terkini. Baik secara global maupun regional dalam negeri.

"Tentu isu mengenai pertahanan terkini secara global maupun regional menjadi materinya," kata Dahnil.

Dalam acara hari ini, Prabowo juga dijadwalkan akan menerima kunjungan dari Wali Nagroe Aceh.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kemarahan Massa Setelah Polisi Tembak Demonstran Hong Kong

Posted: 11 Nov 2019 08:35 PM PST

Demonstran merusak cabang Bank of China di Distrik Central, Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Kin Cheung)

Demonstran merusak cabang Bank of China di Distrik Central, Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Kin Cheung)

Seorang demonstran membakar kardus di luar cabang Bank of China selama protes di Distrik Central, Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Vincent Yu)

Seorang demonstran membakar kardus di luar cabang Bank of China selama protes di Distrik Central, Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Vincent Yu)

Demonstran mencoba menembakkan barang menggunakan sling shot saat demonstrasi di Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Vincent Yu)

Demonstran mencoba menembakkan barang menggunakan sling shot saat demonstrasi di Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Vincent Yu)

Demonstran menembakkan susu kemasan menggunakan sling shot ke arah polisi saat demonstrasi di Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Kin Cheung)

Demonstran menembakkan susu kemasan menggunakan sling shot ke arah polisi saat demonstrasi di Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Kin Cheung)

Demonstran berbaris dan memblokir jalan di Distrik Central, Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Kin Cheung)

Demonstran berbaris dan memblokir jalan di Distrik Central, Hong Kong, Senin (11/11/2019). Ketegangan di Hong Kong semakin meningkat setelah polisi menembak seorang demonstran hingga kritis. (AP Photo/Kin Cheung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendiri White Helmets Suriah Meninggal di Turki, Tewas Alami atau...

Posted: 11 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Istanbul - Seorang mantan perwira Angkatan Darat Inggris pendiri organisasi kemanusiaan Pertahanan Sipil Suriah/White Helmets, tewas di Istanbul, Turki.

James Le Mesurier (OBE) ditemukan tak bernyawa pada Senin 11 November 2019 waktu lokal, di dekat rumahnya di Istanbul --kata narasumber White Helmets kepada BBC, dilansir pada Selasa (12/11/2019).

Jasad Le Mesurier ditemukan sekitar pukul 04.30 waktu setempat (01:30 GMT) di jalan dekat rumah dan kantornya di Distrik Beyoglu Istanbul di bagian kota yang masuk wilayah Eropa.

Dia ditemukan mengalami patah tulang di kepala dan kakinya, kata media Turki, dan diyakini telah jatuh dari balkonnya.

Investigasi "komprehensif" telah diluncurkan, kata kantor gubernur Istanbul. Mereka belum menyimpulkan apakah kematian Le Mesurier dipicu oleh sebab alamiah atau tidak --semisal bunuh diri atau kasus pembunuhan.

Le Mesurier membentuk kelompok tanggap darurat Mayday Rescue, yang membantu melatih sukarelawan White Helmets --dikenal karena semua sukarelawan mengenakan helm putih saat melakukan tugas-tugas kemanusiaan di Suriah yang dilanda perang menahun.

Dalam sebuah twit, White Helmets mengatakan kelompok itu "mengetahui serta merasa kaget dan sedih" atas berita kematian Le Mesurier.

Hamish de Bretton-Gordon, seorang direktur kelompok kampanye Doctors Under Fire dan seorang teman Le Mesurier, mengatakan: "Ini benar-benar tragis. Dia adalah satu dari sedikit orang yang telah membuat jejak kemanusiaan di Suriah."

De Bretton-Gordon mengatakan, White Helmets memiliki "struktur yang sangat kuat" dan pekerjaan mereka akan terus berlanjut. Namun dia mengatakan kematian Le Mesurier telah meninggalkan "lubang untuk diisi."

Sekilas Le Mesurier dan White Helmets

Relawan White Helmets menyingkirkan reruntuhan bangunan untuk mencari korban serangan militer di Provinsi Idlib, Suriah, Minggu, (7/1). Selain menewaskan 25 orang, serangan ini juga melukai 100 lainnya. (Syrian Civil Defense White Helmets via AP)

Le Mesurier, yang diyakini berusia 40-an pada saat kematiannya dan juga pernah bekerja untuk PBB, dianggap sebagai salah satu pendiri White Helmets.

Organisasi itu, yang juga dikenal sebagai Pertahanan Sipil Suriah (Syria Civil Defense), membantu menyelamatkan warga sipil yang terperangkap dalam serangan di wilayah-wilayah Suriah yang dikendalikan oleh oposisi terhadap Presiden Bashar al-Assad.

Pada 2016, organisasi ini menerima penghargaan the Right Livelihood Award sebagai pengakuan atas "keberanian, belas kasih, dan keterlibatan kemanusiaan yang luar biasa dalam menyelamatkan warga sipil". Belakangan tahun yang sama kelompok itu dinominasikan untuk Nobel Perdamaian.

Tetapi pemerintah Suriah, serta sekutunya Rusia dan Iran, telah menuduh White Helmets secara terbuka membantu organisasi teroris dan kementerian luar negeri Rusia pekan lalu menuduh Le Mesurier sebagai mantan agen Dinas Intelijen Rahasia Inggris, yang lebih dikenal sebagai MI6.

Tuduhan Rusia pada hari Senin ditolak keras oleh Karen Pierce, duta besar Inggris untuk PBB, yang mengatakan: "Tuduhan Rusia terhadapnya, yang keluar dari kementerian luar negeri bahwa ia adalah seorang mata-mata, pasti tidak benar."

Le Mesurier menerima OBE (Officer of the Order of the British Empire) dari Ratu pada 2016 untuk "pengabdiannya terhadap kelompok Pertahanan Sipil Suriah dan perlindungan warga sipil di Suriah."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Areal Ekstrem, PPSDM Geominerba Gelar Diklat Analisis Kestabilan Lereng

Posted: 11 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Muara Enim Areal pertambangan tidak selalu berbentuk tanah datar. Tidak jarang bentuk areal ternyata sangat ekstrem. Mempertimbangkan hal ini, PPSDM Geominerba bekerja sama dengan PT Abiyoyo Maju Indonesia menyelenggarakan Diklat Analisis Kestabilan Lereng untuk dapat meningkatkan kemampuan SDM dalam menganalisis Kestabilan Lereng di pertambangan.
 
Stabilitas dari suatu lereng biasanya menjadi masalah yang membutuhkan perhatian yang lebih bagi kelangsungan operasi penambangan setiap harinya. Lereng yang tidak stabil sangatlah berbahaya terhadap lingkungan sekitarnya, oleh sebab itu analisis kestabilan lereng sangat diperlukan.
 
Yupi, Manager HRD PT Lematang Coal Lestari membuka diklat yang diikuti oleh 15 peserta. Didampingi perwakilan dari PPSDM Geominerba, Rusnoviandi, dan instruktur Hilman Suwargana, Senin (11/11) pagi di Ruang Serbaguna Site PT Lematang Coal Lestari, Muara Enim, Sumatera Selatan. Sebagai bentuk antusiasme, hadir pula Direktur PT Lematang Coal Lestari, Jefri dalam pembukaan tersebut. 
 
Diklat yang akan berlangsung selama lima hari (11-15 November 2019) ini akan mengajarkan materi seperti: Pengantar Geoteknik Tambang, Gerakan Tanah, Hidrogeologi Tambang dan Sifat Fisik dan Mekanika Batuan dan Tanah. Selain itu juga Analisis Kestabilan Lereng, Pemodelan Kestabilan Lereng dan praktik lapangan pun akan diberikan selama diklat berlangsung.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menilik Kekuatan dan Kelemahan Timnas Indonesia U-19 Usai Lolos ke Piala AFC U-19

Posted: 11 Nov 2019 08:35 PM PST

Jakarta Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos dari Kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Bagus Kahfi dan kawan-kawan bakal main di Piala AFC U-19 di Uzbekistan pada Oktober tahun depan.

Timnas Indonesia U-19 berhasil menguasai babak kualifikasi Grup K dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Di klasemen akhir, tim berjulukan Garuda Muda ini keluar sebagai juara.

Timnas Indonesia U-19 mencatatkan dua kemenangan dan sekali seri. Garuda Muda sukses mengalahkan Timor Leste 3-1 dan Hong Kong 4-1, serta ditahan Korea Utara 1-1.

Selama mengarungi babak kualifikasi, Timnas Indonesia U-19 membukukan delapan gol. Garuda Muda hanya kebobolan dua kali dari tiga laga.

Lima dari delapan gol Timnas Indonesia U-19 diciptakan oleh Fajar Fathurrahman yang mengukir tiga gol. Adapun, dua gol sisanya bersumber dari Bagus Kahfi.

Berikut Bola.com merangkum plus dan minus Timnas Indonesia U-19 selama tampil di Kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Lini Belakang

Trivia Kakak Beradik di Sepak Bola Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Di pos penjaga gawang, Fakhri Husaini selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 setia memercayakan Ernando Ari Sutaryadi sebagai kiper utama. Tidak pernah tergantikan dari tiga pertandingan, kiper Persebaya Surabaya U-20 itu hanya kebobolan dua gol.

Tangguhnya lini belakang Timnas Indonesia U-19 bukan karena faktor Ernando seorang. Masih ada Bagas Kaffa, Alfreanda Dewangga, Rizki Ridho, dan Salman Alfarizi yang sangat disiplin ketiga bermain.

Namun, komunikasi empat bek tersebut dengan Ernando masih belum sempurna. Terkadang, ada gap antara kiper dan bek yang ada di depannya. Ernando sesekali juga keliru dalam mengambil keputusan.

Lini Tengah

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra, berebut bola dengan pemain Timnas Korea Utara pada laga Kualifikasi AFC U-19 2020 di Stadion GBK, Jakarta, Minggu (10/11). Indonesia U-19 berhasil menahan imbang 1-1 DPR Korea. (Bola.com/Yoppy Renato)

Lini tengah Timnas Indonesia U-19 yang dikawal oleh David Maulana, Brylian Aldama, dan Beckham Putra Nugraha, berperan penting dalam kesuksesan melangkah ke putaran final.

David, Brylian, dan Beckham punya tugas masing-masing yang saling mengisi. David sebagai anchor pengalir bola, Brylian sebagai gelandang box to box, dan Beckham menjadi jenderal pengatur serangan.

Namun, lini tengah, terutama Beckham, sempat disorot ketika Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Timor Leste. Pemain Persib Bandung itu dianggap banyak membuang peluang.

Lini Depan

Tiga pemain Timnas Indonesia U-19, Braif Fatari, Bagus Kahfi, dan Bagas Kaffa, bersyukur meraih kemenangan 4-0 atas Hong Kong U-19 dalam laga Grup K Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/11/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Kontribusi besar Timnas Indonesia U-19 ada di lini depan. Trio Bagus Kahfi, Mochamad Supriadi, dan Fajar Fathurrahman tampil ganas dalam mengacak-acak pertahanan tim lawan.

Fajar adalah top scorer Timnas Indonesia U-19 di babak kualifikasi dengan tiga gol, disusul Bagus dengan dua gol.

Fakhri juga sesekali memainkan Sutan Zico dan Serdy Ephy Fano. Berstatus pemain pelapis, keduanya tampil menjanjikan saat dipercaya.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, published 12/11/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atasi Kemacetan, Pajak Kendaraan Baru di DKI Jakarta Naik 2,5 Persen

Posted: 11 Nov 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pajak kendaraan baru akan mengalami kenaikan. Hal ini didasari tarif BBN-KB DKI Jakarta yang naik menjadi 12,5 persen dari sebelumnya 10 persen.  Perubahan tersebut akan mulai berlaku pada 11 Desember 2019.

 

Berdasarkan informasi yang tertera pada Peraturan Daerah (Perda) Pemprov DKI Nomor 6 Tahun 2019 mengenai Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang BBN-KB, disebutkan penyesuaian pajak kendaraan baru merupakan upaya mengendalikan pertumbuhan kendaraan bermotor dan mengatasi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

 

"Dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan kendaraan bermotor dan mengatasi kemacetan lalu lintas yang semakin tinggi di DKI Jakarta, telah diberlakukan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang mengatur antara lain penerapan tarif bea balik nama kendaraan bermotor yang dimiliki oleh orang pribadi dan badan yakni untuk penyerahan kendaraan bermotor pertama dikenakan tarif pajak sebesar 10% (sepuluh persen), kendaraan bermotor kedua dan seterusnya tarif pajak sebesar 1% (satu persen)," tulis Peraturan Daerah (Perda) Pemprov DKI.

Kenaikan tarif BBN-KB sendiri tertuang dalam perubahan Ketentuan ayat (1) Pasal 7, yang menjadi :

(1) Tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ditetapkan masing-masing sebagai berikut :

a. Penyerahan pertama sebesar 12,5 persen (dua belas koma lima persen) : dan

b. Penyerahan kedua dan seterusnya sebesar 1 persen (satu persen).

Sah, Pajak Bea Balik Nama Kendaraan di Jakarta Naik 12,5 Persen

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta mengesahkan raperda baru sebagai dasar menaikkan pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) menjadi 12 persen.

Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Sereida Tambunan membacakan keputusan itu dalam paripurna DPRD uang digelar hari ini.

"Perubahan tarif BBN-KB penyerahan pertama kendaraan bermotor yang sebelumnya 10, diubah menjadi 12,5 persen," kata Sereida di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Menurut Sereida, kenaikan pajak itu adalah kesepakatan Badan Pajak se Jawa-Bali, bukan hanya DKI saja.

"Tetapi karena adanya kesepakatan dalam Rapat Kerja Terbatas Asosiasi Bapeda se-Jawa-Bali dan dengan mempertimbangkan BBN-KB di wilayah sekitar DKI Jakarta agar ada keseimbangan tarif antarwilayah," ujar Sereida.

DPRD berharap kenaikan pajak tersebut bisa memberikan efek positif, salah satunya menekan penggunaan kendaraan bermotor.

"Adanya kenaikan tarif diharapkan dapat turut mengatasi permasalahan kemacetan di DKI Jakarta dan memberikan dampak positif bagi pembangunan Jakarta," ucap Sereida.

Pemprov DKI diminta segera menyosialisasikan dan menerapkan kenaikan tarif tersebut. "Jangan sampai ada masyarakat yang buta hukum," tambah Sereida. 

Selain pengesahan Raperda BBN-KB, paripurna hari ini juga mengesahkan raperda lain terkait pembentukan dan susunan perangkat daerah, pengelolaan sampah, dan pencabutan perizinan tempat usaha berdasarkan undang-undang gangguan. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Dampak Buruk Sering Telat Makan Bagi Kesehatan

Posted: 11 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dampak buruk sering telat makan masih sering disepelekan. Padahal terlalu sering telat makan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh kamu. Tidak hanya berpengaruh pada sistem pencernaan saja, namun banyak organ tubuh lainnya yang akan terganggu. 

Biasanya orang yang sering telat makan memiliki berbagai alasan seperti sedang sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk atau sedang menjalani program diet. Padahal jika kamu sedang menjalani program diet, telat makan merupakan salah satu penghambat keberhasilan program diet kamu.

Dampak buruk sering telat makan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan tersebut, kamu perlu untuk mengatur pola makan sehingga tidak telat lagi, dan mencukup kebutuhan makan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019) tentang dampak buruk sering telat makan bagi kesehatan

Metabolisme Tubuh Menurun dan Iritasi pada Usus

Ilustrasi masalah pada usus (sumber: iStock)

Metabolisme Tubuh Menurun

Dampak buruk telat makan bagi kesehatan yang pertama adalah metabolisme tubuh menurun. Metabolisme tubuh akan terus berjalan meskipun kamu sedang dalam kondisi beristirahat. Fungsinya untuk membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi.

Tingkat metabolisme tubuh ini ditunjang oleh asupan kalori. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi kalori dengan jumlah cukup untuk menunjang proses pembakaran energi.

Jika kamu telat makan, maka secara otomatis metabolisme tubuh jadi ikut melambat untuk menyimpan kalori dalam tubuh agar bisa dibakar dalam waktu yang lama. Dampaknya, kamu akan merasakan lemas dan tak bertenaga, sehingga kegiatan sehari-hari akan jadi terganggu.

Iritasi pada Usus

Selanjutnya, dampak buruk sering telat makan bagi kesehatan adalah mengakibatkan ititasi pada usus. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, telat makan memiliki pengaruh yang buruk terhadap kesehatan sistem pencernaan.

Padahal, makan teratur memiliki banyak manfaat untuk fisik dan juga pencernaan. Namun, banyak orang yang malah kerap menunda bahkan melewatkan waktu makan karena berpikir hal tersebut bisa jadi jalan menurunkan berat badan.

Hal ini sangat berbahaya, karena telat makan bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti sindrom iritasi usus yang menyebabkan berbagai masalah pada sistem pencernaan.

Berbagai gejala kronis distress lambung, termasuk kram perut dan nyeri, sembelit atau diare, serta kembung menjadi akibatnya. Penyakit ini bisa disebabkan karena adanya iritasi pada usus yang disebabkan oleh pola makan yang salah dan tidak teratur.

Tukak Lambung dan Stres

Tukak Lambung (Life Science/Shutterstock)

Tukak Lambung

Masih terkait dengan sistem pencernaan. Dampak buruk telat makan selanjutnya adalah tukak lambung atau peradangan pada lambung. Hal ini ditandai dengan lambung yang terluka atau mengalami iritasi yang ditimbulkan oleh cairan pada mukosa lambung. Gejala yang terjadi, umumnya kamu akan mengalami nyeri hebat yang menjalar hingga ke ulu hati setelah makan.

Seperti diungkapkan dalam Journal of the American Medical Association, stres akibat melewatkan waktu makan dan jam tidur yang salah berkontribusi meningkatkan beban asam duodenum atau usus 12 jari, yang menjadi penyebab berkembangnya atau memperburuk gejala penyakit tukak lambung.

Stres

Stres merupakan salah satu gejala yang menandakan bahwa kamu telat makan. Hal ini bisa juga menyebabkan nyeri perut dan masalah kesehatan lainnya. Saat berhadapan dengan faktor stress secara fisik maupun mental, tubuh akan merespon dengan reaksi perlawanan alami.

Seperti diungkapkan oleh Georgetown University Helath Education Services, bentuk-bentuk reaksi perlawan alami tersebut bisa seperti lupa makan, sakit kepala, cemas dan mengalami kram perut.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk makan dengan teratur, selain meningkatkan energi juga dapat meningkatkan energi positif dalam diri kamu.

Sakit Kepala, Mudah Lelah, dan Naik Turun Berat Badan

ilustrasi lelah/copyright Shutterstock

Sakit Kepala

Sering telat makan juga bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini karena, melewatkan waktu makan bisa menurunkan kadar gula darah yang pada gilirannya dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon yang mempersempit arteri dan meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, kamu akan mengalami sakit kepala, mudah lelah, hingga mual.

Mudah Lelah

Dampak buruk sering telat makan selanjutnya adalah mudah lelah. Gula darah yang rendah akan mempengaruhi memori, konsentrasi dan juga kinerja mental atau fisik kamu. Hal ini menyebabkan kamu rentan mengalami kelelahan, lemah, lesu, dan bahkan jadi sering murung.

Saat pasokan level glukosa rendah, berarti tubuh jadi kurang efisien untuk menjalankan fungsi normalnya. Oleh karena itu, perbaiki pola makan kamu dan hindari telat makan agar selalu semangat dalam beraktivitas.

Kenaikan dan Penurunan Berat Badan yang Tidak Sehat

Sebagian lemak akan dibakar lebih banyak karena tidak ada makanan yang bisa dicerna dan diubah menjadi energi. Tapi bukan lemak saja yang dibakar, namun otot juga. Kehilangan otot tubuh membuat tubuh lemah walaupun berat badan turun.

Jika berat badan tidak turun, maka justru akan naik. Melewatkan jam makan hanya akan membuatmu ingin makan lebih banyak dan berlebihan. Pada akhrinya semua makanan itu akan segera diubah menjadi lemak sehingga menimbulkan kenaikan berat badan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Claudia Emmanuella Santoso Pemenang The Voice of Germany dan 7 Fakta Tentangnya

Posted: 11 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Claudia Emmanuela Santoso namanya tengah ramai dibicarakan publik, baik di dalam ataupun luar negeri. Suara merdunya berhasil mengantarkan Claudia Emmanuela Santoso menjuarai The Voice of Germany 2019 pada 10 November 2019.

Dalam ajang tersebut, Claudia Emmanuela Santoso berhasil memukau para penonton dan dewan juri saat mebawakan lagu yang dipopulerkan oleh Whitney Houston berjudul "I Have Nothing".

Karena suara merdunya itu, gadis asal Cirebon, Jawa Barat berhasil menyingkirkan 4 finalis yang masuk dalam babak final. Ia berhasil mendapatkan perolehan suara tertinggi sebesar 46,39 persen, sedangkan posisi kedua hanya mendapatkan perolehan suara 17,36 persen.

Kemenanngan yang didapat Emmanuela Santoso ikut membanggakan Indonesia. Sebab ia berhasil mengharumkan nama bangsa ke kancah internasional.

Berikut 5 fakta tentang Claudia Emmanuella Santoso gadis asal Cirebon yang berhasil menjadi pemenang The Voice of Germany yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Baru Berusia 19 Tahun

Claudia Emmanuela Santoso yang membawakan lagu 'Never Enough' yang merupakan soundtrack film The Greatest Showman ini mampu membuat keempat coaches berputar dan standing ovation. (Liputan6.com/IG/@audi_emmanuela)

Claudia Emmanuella lahir di Cirebon 27 Oktober 2000. Diusianya yang masih sangat muda Claudia Emmanuella Santoso berhasil menyabet penghargaan ajang musik bertaraf internasional, The Voice of Germany.

2. Les Vokal Sejak Usia 4 Tahun

Doc: Instagram.com/thevoiceofgermany

Suara indah yang dimiliki oleh Claudia Emmanuela Santoso bukan didapatkan secara instan. Ternyata sejak usia 4 tahun ia sudah mengikuti les vokal.

3. Piawai memainkan Alat Musik

Claudia Emmanuela Santoso, Juara The Voice of Germany 2019. (dok. Instagram @audi_emmanuela/https://www.instagram.com/p/By0P144hiRl/Putu Elmira)

Selain memiliki suara yang merdu dan berhasil mengantarkannya sebagai pemenang Teh Voice of Germany, Claudia Emmanuela Santoso juga piawai bermain alat musik.

Gadis 19 tahun itu pandai memainkan piano dan juga ukulele.

4. Suara Tiga Oktaf

ok Gadis asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso mengikuti audisi The Voice Jerman. Screenshot youtube (Liputan6.com / the voice of germany offiziell)

Claudia Emmanuela Santoso ternyata memiliki suara yang khas dan berbeda dari yang lain karena mencapai 3 oktaf. Hal itu disampaikan oleh Daud mentor Audi sapaan Claudia Emmanuela Santoso.

Sebab suara penyanyi pada umumnya hanya 2 sampai 2,5 oktaf.

5. Kontestan Mamamia 2014

Christine ibunda Claudia menunjukkan salah satu aksi penampilan terbaik sang anak saat melalui ponselnya. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Sebelum mengikuti ajang The Voice of Germany, Claudia Emmanuela Santoso pernah mengikuti audisi ajang bernyanyi di tanah air Mamamia pada tahun 2014 yang tayang di Indosiar.

6. Kuliah di Jerman

Claudia Emmanuela Santoso (Sumber: Instagram/audi_emmanuela)

Saat mengikuti ajang The Voice of Germany, Claudia Emmanuela Santoso tengah menempuh pendidikan di Jerman. Ia tercatat sebagai salah satu mahasiswa di Universitas Munchen.

7. Single Perdana

Claudia Emmanuela Santoso (Sumber: Instagram/ audi_emmanuela)

Karena kemenanngnya di The Voice of Germany, Claudia Emmanuela merilis single pertamanya dengan judul "Goodbye" yang ditulis langsung oleh sang mentor Alice Merton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019

Posted: 11 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 menghadapi tantangan berat di SEA Games 2019 di Filipina pada November mendatang. Dalam undian yang digelar pekan lalu, Garuda Muda berada di Grup B yang tidak ringan.

Di Grup B ada juara bertahan Thailand, tim yang sedang naik daun Vietnam dan Singapura, serta dua kuda hitam, Laos dan Brunei Darussalam.

Tak hanya itu, dengan jumlah tim lebih banyak ketimbang Grup A yang hanya diisi lima tim saja, Grup B akan memainkan pertandingan dengan jadwal lebih padat. Menyusul pengundian grup itu, jadwal pertandingan Grup B resmi dirilis pada Selasa (22/10/2019).

Timnas Indonesia U-22 akan bermain dua hari sekali. Pada laga pertama, 26 November 2019, Tim Garuda Muda akan langsung menghadapi Thailand, disusul masing-masing melawan Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Laos.

Juara dan runner-up setiap grup berhak lolos ke semifinal yang dimainkan pada 7 Desember dan final digelar pada 10 Desember 2019.

Untuk lima pertandingan penyisihan Grup B, akan dimainkan di tiga venue, yakni City of Imus Grandstand, Stadion Rizal Memorial, dan Stadion Binan. Seluruh venue menggunakan rumput artifisial sehingga perlu antisipasi dari seluruh kontestan mengingat rata-rata tim lebih fasih bermain di lapangan berumput asli.

Partai semifinal dan final seluruhnya dimainkan di Stadion Rizal Memorial, Manila. Berikut jadwal lengkap Timnas Indonesia U-22 di penyisihan Grup B SEA Games 2019.

 

 

Jadwal SEA Games 2019

26 November 2019

Jam 15.00 WIB: Thailand vs Timnas Indonesia U-22 (City of Imus Grandstand)

Jam 15.00 WIB: Vietnam vs Brunei Darussalam (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Laos vs Singapura (Stadion Rizal Memorial)

 

28 November 2019

Jam 15.00 WIB: Vietnam vs Laos (Stadion Binan)

Jam 15.00 WIB: Brunei Darussalam vs Thailand (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Singapura (Stadion Rizal Memorial)

 

1 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Thailand vs Singapura (Stadion Binan)

Jam 15.00 WIB: Laos vs Brunei Darussalam (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia U-22 (Stadion Rizal Memorial)

Jam 15.00 WIB: Thailand vs Timnas Indonesia U-22 (City of Imus Grandstand)

Jam 15.00 WIB: Vietnam vs Brunei Darussalam (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Laos vs Singapura (Stadion Rizal Memorial)

 

3 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam (Stadion Binan)

Jam 15.00 WIB: Laos vs Thailand (Stadion Rizal Memorial)

Jam 19.00 WIB: Singapura vs Vietnam (Stadion Rizal Memorial)

 

5 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Brunei Darussalam vs Singapura (City of Imus Grandstand)

Jam 15.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Laos (Stadion Rizal Memorial)

Jam 15.00 WIB: Vietnam vs Thailand (Stadion Binan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nirina Zubir Berduka, Sang Ibunda Meninggal

Posted: 11 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari selebritas Nirina Zubir. Nirina kehilangan sang ibunda. Kabar duka ini disampaikan oleh suami Nirina, Ernest.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 BBPLK Kemnaker Jalin Kerja Sama dengan 32 Perusahaan

Posted: 11 Nov 2019 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meyakini sistem pendidikan dan pelatihan vokasi bisa menjadi jawaban atas kebutuhan industri terhadap sumber daya manusia (SDM) yang menjadi prioritas pembangunan nasional tahun 2020 sampai 2024 nanti.

Untuk mengawal pelaksanaan pengembangan SDM di Indonesia melalui pelatihan vokasi, 5 (lima) Balai Besar Peningkatan Latihan Kerja (BBPLK) Kementerian Ketenagakerjaan melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama dengan 28 perusahaan industri.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala BBPLK Bekasi, Herman; Kepala BBPLK Serang, Agung Nurohmat; Kepala BBPLK Bandung Aan Subhan dan Kelala BBPLK Semarang, Edi Susanto; dan BBPLK Medan, M. Muhammad Ali Pasya dengan perwakilan 32 perusahaan di Bekasi, Jawa Barat, Senin (11/11/2019).

"MoU ini dimaksudkan agar terdapat komitmen bersama antara pemerintah dan swasta khususnya industri dalam mengawal pelaksanaan pengembangan SDM di Indonesia melalui pelatihan vokasi," ujar Sekjen Kemnaker Khairul Anwar dalam kegiatan "Penguatan Balai Latihan Kerja dengan Industri serta Peningkatan Kompetensi Instruktur Lembaga Pelatihan Kerja".

Sekjen Khairul mengatakan hingga saat ini pendidikan dan pelatihan vokasi terus meningkatkan dan mengembangkan skill-skill baru sesuai perkembangan teknologi di industri yang nantinya mampu memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan dapat bekerja terus menerus.

"Di era yang serba cepat saat ini, keberhasilan suatu pendidikan dan pelatihan vokasi sangat ditentukan oleh kualitas instruktur pengajarnya. Melalui tangan-tangan instruktur inilah, kita berharap dapat memberikan skill-skill terkini sesuai dengan kebutuhan industri yang berkembang pesat kepada masyarakat," kata Sekjen.

 

Foto: Humas Kementerian Ketenagakerjaan.

Sekjen Khairul menekankan perlu adanya pendidikan yang berorientasi vokasional training. Dengan begitu, permasalahan seperti ketidaksesuaian antara jenis pekerjaan dengan tingkat pendidikan (missmatch) tenaga kerja dapat diatasi.

"Saya minta para instruktur dan mentor pemagangan, selalu men-gupdate dan meningkatkan skill agar dapat seiring dengan perkembangan teknologi di industri, " ujarnya.

Temu Instruktur nasional diikuti oleh perwakilan instruktur seluruh Indonesia berjumlah 100 orang peserta berasal dari BLK UPTP, BLK UPTD, LPKS, BLKLN, BLK Komunitas Kementerian/ Lembaga, dan Training Center Industri.

Sekjen Khairul berharap melalui kegiatan Rakor Instruktur ini, dapat menjadi sarana untuk kita dapat berdialog, berbagi pengalaman dan ide dalam rangka peningkatan kapasitas dan kualitas instruktur.

 

Foto: Humas Kementerian Ketenagakerjaan.

"Pertemuan kali ini diharapkan akan terdapat kesamaan pemahaman tentang pelatihan kerja dan terbentuknya panitia pembentukan persatuan instruktur seluruh Indonesia, " katanya.

Sedangkan Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono menegaskan Bimtek Mentor Pemagangan dan Koordinator Pemagangan, diikuti oleh 100 orang peserta berasal dari perwakilan perusahaan di seluruh Indonesia.

Adapun Bimtek bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para mentor dan koordinator dalam pelaksanaan program pemagangan di industri/perusahaan agar pemagangan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

"Up Grading Metodologi diikuti oleh para instruktur Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) bertujuan untuk membekali para instruktur LPKS di bidang methodology agar dapat men-delivery materi pelatihan dengan baik," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: