Selasa, 05 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tanpa Pertanyaan, DPRD DKI Setuju Usulan Anggaran Renovasi Rumah Gubernur Rp 2,4 M

Posted: 05 Nov 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi D DPRD DKI Jakarta menyetujui rencana anggaran renovasi atau rehabilitasi rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta sebesar Rp 2,4 milliar dalam rapat rencana Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2020.

Ketua Komisi D DPRD, Ida Mahmudah mengaku, tahu rencana renovasi rumah Dinas yang berlokasi di Jalan Taman Suropati sempat ramai di masyarakat.

"Kemarin sempat ramai, tahun lalu juga sempat ramai," kata Ida di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Kepala Dinas Cipta Karya Pertanahan dan Tata Ruang Heru Hermawanto mengatakan rencana anggaran untuk rumah dinas gubernur sudah sejak lama.

"Ini sudah tiga kali penundaan. Perencanaan sudah jauh, pada saat dipegang oleh Dinas Perpemda," ucapnya.

Sebelum mengetuk palu, Ida sempat memberikan pertanyaan persetujuan kepada sejumlah anggota dewan yang hadir. Tanpa ada pertanyaan satupun, Ida mengangap semua menyetujui rencana anggaran rumah dinas gubernur.

 

Pengeluaran Terbesar untuk Perbaikan Atap

Suasana Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta di kawasan Taman Suropati, Jakarta, Senin (7/10/2019). Kepala DCKTRP DKI Jakarta, Heru Hermawanto mengatakan bahwa kondisi rumah dinas Gubernur DKI Jakarta sudah mengalami beberapa kerusakan sehingga perlu diperbaiki. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Kepala Dinas Cipta Karya, Pertanahan dan Tata Ruang (Citata) DKI Jakarta, Heru Hermawanto menyebut alokasi terbesar anggaran perbaikan rumah dinas Gubernur DKI Jakarta yakni kayu untuk bagian atap.

"Atap itu memang paling mahal. Rangka atap paling besar kita perbaiki," kata Heru saat dihubungi, Selasa (8/10/2019).

Dia menyebut saran dari tim pemugaran cagar budaya, jenis kayu yang digunakan untuk renovasi setidaknya mendekati kayu jati asli. Akan tetapi harga kayu tersebut tidaklah murah, sehingga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, Heru menyebut untuk bagian atap harus dilakukan pembongkaran dan dipasang dengan kayu baru.

"Kalau tim pemugaran itu sarannya mendekati material yang sama. Harganya memang mahal," ucapnya.

Selain untuk kayu untuk atap, Heru menyebut terdapat sejumlah komponen dengan besaran anggaran yang bervariatif. Seperti halnya biaya pekerjaan sampai ongkos tukang bangunannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjajal Kemampuan Mobil Inspektur Vijay di Mahindra Adventure

Posted: 05 Nov 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Igatpuri - Sosok inspektor Vijay tak akan pernah lepas dari film-film Bollywood. Sering terlihat inspektor Vijay melalukan aksi kejar-kejaran dengan penjahat dengan menggunakan mobil berjenis SUV.

Sakthi Krishna selaku Senior Manager South East Asia International Operation Mahindra & Mahindra Ltd. mengakui pihak kepolisian menggunakan SUV lansiran Mahindra.

Untuk membuktikan ketangguhan SUV-nya, Mahindra memiliki pusat pelatihan off-road Mahindra Adventure Offroad Training Academy yang terletak di Igatpuri.

Fasilitas pelatihan ini menggunakan Mahindra Thar yang memang memiliki kapabilitas off-road, namun minim fitur assist.

Dengan berbagai tingkat kesulitan, terdapat tiga trek untuk pemula, yaitu turunan curam, zig-zag dengan tanjakan menantang, dan menerjang kubangan lumpur.

1. Melahap Turunan Curam

Melahap turunan curam (Amal/Liputan6.com)

Melahap turunan merupakan tantangan pertama yang terlihat mendebarkan, namun menjadi momen yang tepat untuk menerapkan teknik crawling atau merayap.

Menurut Manish, instruktur Mahindra Adventure, teknik dasar pada off-road adalah crawling. Karena Mahindra Thar memiliki rasio 4 Low, maka mobil dapat melaju dengan pelan namun torsi melimpah.

Dengan mengandalkan gear satu, mobil dapat melahap turunan dengan mengandalkan engine brake.

Menurut Manish, jika harus melakukan pengereman, lakukan secara perlahan. Karena saat posisi menurun, distribusi bobot akan cenderung ke depan dan risiko ban belakang mengunci akan semakin besar untuk mobil yang belum dilengkapi ABS.

2. Menaklukkan Rintangan Zig Zag

Rintangan zig zag (Amal/ Liputan6.com)

Trek kedua ini terbilang lebih menantang dan pengemudi mewajibkan untuk mengenal karakter mobil. Mahindra Thar yang digunakan menggunakan mesin turbodiesel yang memiliki torsi puncak di putaran mesin 2.000.

Untuk mendapatkan torsi, pengemudi harus memainkan pedal gas dengan cara menginjak lalu melepas di putaran tersebut.

Menurut Manish, ban akan mendapatkan traksi saat pedal gas dilepas dan memanfaat torsi puncak untuk melaju.

Karena kondisi trek yang bergelombang, saat salah satu roda ban tidak menapak ke permukaan, mobil akan mudah kehilangan traksi.

Karena mobil yang digunakan belum dilengkapi differrential lock, tenaga dari mesin akan disalurkan ke roda yang tidak menapak.

Saat berhadapan dengan kondisi ini, mobil sebaiknya mundur sedikit lalu melahap rintangan dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk memanfaat momentum. Lingkar kemudi pun diputar ke kiri dan ke kanan untuk mencari traksi.

 

3. Melewati Genangan Lumpur

Melewati Genangan Lumpur (Amal/Liputan6.com)

Butuh kesabaran untuk menerabas jalan berlumpur. Saat mobil terjebak, jangan pernah memaksakan diri untuk menginjak gas terus menerus.

Karena ban akan terus menggali dan membuat genangan lumpur semakin dalam. Cara terbaik adalah saat mobil terjebak, mobil dimundurkan lalu dimajukan kembali sambil memanfaat momentum. Gunakan teknik ini berulang kali sampai trek terlewati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemberontak Serang Bagian Selatan Thailand, 15 Orang Tewas

Posted: 05 Nov 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Thailand - Para pemberontak menewaskan setidaknya 15 orang di Thailand Selatan pada Rabu (6/11/2019). Korban tewas tersebut merupakan petugas sukarelawan pertahanan desa.

Tak hanya itu, akibat penyerangan tersebut juga sedikitnya empat orang terluka di daerah Thailand yang mayoritas Muslim tersebut, seperti dilansir dw.com.

Terlepas dari itu, dikutip dari bloomberg.com, Thailand mulai melakukan penyelidikan atas penyerangan yang terjadi.

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-Ocha juga turut memberi komentar atas hal tersebut.

"Kami telah menerima informasi tentang insiden itu dan telah mulai menyelidiki," kata PM Thailand.

Pernyataan Pejabat

Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)

Sementara itu, polisi Thailand menyebut penyerang menembak pos-pos pemeriksaan keamanan di Thailand, seperti dilansir aljazeera.com.

Seorang pengawas di kantor polisi di provinsi Yala polisi kolonel, Thaweesak Thongsongsi turut memberi pernyataan terkait penembakan yang terjadi.

Ia mengatakan sejumlah penyerang yang tidak dikenal menggunakan persenjataan berat dalam serangan Selasa malam.

Polisi, guru, dan perwakilan pemerintah lainnya seringkali menjadi sasaran kekerasan. 

Sementara itu, beberapa insiden lainnya juga terjadi pada daerah tersebut, tambah Thaweesak. Sebuah peledak kecil bahkan ditemukan di dekat tiang listrik yang diduga untuk mematikan listrik.

Kemudian, paku-paku juga tersebar di jalan raya yang diduga untuk melumpuhkan kendaraan yang memasuki daerah Yala.

Dikutip dari malaymail.com, Juru bicara keamanan regional, Kolonel Pramote turut menegaskan pendapatnya terhadap pemberontak yang melakukan penyerangan.

"Ini sepertinya pekerjaan para pemberontak," kata Kolonel Pramote.

"Ini adalah salah satu serangan terbesar dalam beberapa kali," tambahnya.

Daerah Perebutan Sejak Lama

Seorang pengunjuk rasa mengangkat tangannya saat tentara Thailand menembak gas air mata dalam bentrokan di luar sebuah pangkalan militer dekat parlemen di Bangkok. (Antara)

Pemberontakan separatis yang sudah berlangsung satu dasawarsa di provinsi Yala, Pattani, dan Narathiwat telah menewaskan hampir 7.000 orang sejak 2004, seperti dilansir malaymail.com

Daerah tersebut sebagian besar penduduknya beragama Buddha di Thailand, menurut Deep South Watch, yang memantau kekerasan.

Tidak ada klaim tanggung jawab, seperti yang biasa terjadi pada serangan di daerah Thailand selatan. 

Yala, Pattani dan Narathiwat merupakan bagian dari kesultanan Muslim Melayu. Daerah tersebut merdeka sebelum Thailand mencaplok ketiga wilayah itu pada tahun 1909.

Bahkan, beberapa kelompok pemberontak di selatan mengatakan mereka berjuang untuk mendirikan negara merdeka.

 

Reporter: Hugo Dimas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Apa Penyebab Septic Tank Meledak? Ini Kata Guru Besar UI

Posted: 05 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Firdaus Ali mengungkap penyebab insiden septic tank meledak di Cakung Jakarta Timur hari Selasa (5/11).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Seru Liburan Enzy Storia dan Jessica Mila di Korea Selatan

Posted: 05 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagai selebriti memang punya jadwal syuting yang super padat. Namun hal itu tidak menjadi penghalang selebriti menyempatkan berlibur. Tak sedikit selebriti Tanah Air yang menikmati waktu senggangnya untuk berlibur. 

Baik dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satunya Enzy Storia, yang kerap menghabiskan waktu dengan pergi jalan-jalan untuk menghilangkan penat setelah sibuk dengan rutinitasnya. Wanita kelahiran Jakarta, 10 Agustus 1992 ini kerap membagikan momen liburannya.

Tak hanya sendirian, ia juga sering berlibur bersama dengan para sahabatnya, salah satunya Jessica Milla. Pasangan sahabat tersebut pun tak malu-malu menunjukkan sisi kocak saat liburan. Kini Enzy dan Jessica Mila tengah berlibur di Korea Selatan.

Enzy Storia dan Jessica Mila terlihat begitu menikmati liburannya di Korea Selatan. Tak hanya momen keseruan yang tersorot, namun penampilan modis keduanya juga mencuri perhatian.

Penasaran seperti apa keseruan liburan pasangan sahabat tersebut? Berikut potret liburan selebriti Enzy Storia dan Jessica Mila di Korea Selatan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/11/2019).

1. Begini potret Enzy Storia, Jessica Milla dan para sahabatnya saat berlibur di Korea Selatan.

Enzy Storia dan Jessica Mila (Sumber: Instagram/@enzystoria)

2. Pasangan sahabat ini terlihat menikmati jalanan Korea Selatan.

Enzy Storia dan Jessica Mila (Sumber: Instagram/@enzystoria)

3. Keduanya terlihat tertawa bersama, bahagia banget.

View this post on Instagram

Ngakak ngeliatnya 😂 @jscmila @enzystoria

A post shared by Jessica Mila Agnesia (@jscmilalovedaily) on

4. Enzy dan Jessica Mila merayakan halloween bersama dengan berdandan seram.

Enzy Storia dan Jessica Mila (Sumber: Instagram/@jscmila)

5. Enzy dan Mila pun tak malu-malu menunjukkan sisi kocak saat liburan.

View this post on Instagram

My lovely with friend ☺️ @jscmila @enzystoria

A post shared by Jessica Mila Agnesia (@jscmilalovedaily) on

6. Penampilan keduanya pun terlihat modis, Enzy dan Jessica Mila mengenakan baju dengan model yang sama.

Enzy Storia dan Jessica Mila (Sumber: Instagram/@ranggazlaksmana)

7. Enzy Storia dan Jessica Mila memang sudah cukup lama bersahabat.

Enzy Storia dan Jessica Mila (Sumber: Instagram/@jscmilalovedaily)

8. Potret keseruan Enzy dan Mila bersama para sahabatnya saat menikmati jalanan Seoul, Korea Selatan.

Enzy Storia dan Jessica Mila (Sumber: Instagram/@enzystoria)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YouTube Music Jadi Fokus Google di Industri Musik

Posted: 05 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Google resmi merilis YouTube Music ke pasar Indonesia dan beberapa negara lainnya. Layanan ini pada dasarnya mirip dengan Google Play Music, yang dirilis 2011 lalu dan tersedia di sejumlah pasar, tetapi dengan sejumlah peningkatan tentunya.

Menanggapi pertanyaan Tekno Liputan6.com terkait kemiripan dua layanan tersebut pada sesi video conference pada Selasa (6/11/2019) di kantor Google Indonesia, Group Product Manager Google Brandon Bilinski mengatakan perusahaan hanya akan berfokus pada YouTube Music.

"Saya dulu pernah menjadi bagian dari tim Google Play Music juga," kata Brandon. "Karena YouTube turut berperan penting di industri musik, kami akan berfokus ke YouTube Music dan menyiapkannya sebagai platform yang sukses."

Melengkapi pernyataan Brandon, Ruuben Van Den Heuvel yang merupakan Head of Music Content Partnership untuk region Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru, di YouTube and YouTube Go, mengatakan bahwa saat ini timnya sedang mengembangkan sebuah tool, yang memungkinkan pengguna memindahkan semua konten, daftar putar (playlist), video dan musik favorit, dan sebagainya ke YouTube Music. 

Jadi Aplikasi Bawaan

"Kami harap tahun depan bisa merilis tool ini sebagai fitur baru. Setelah semua pengguna berpindah ke YouTube Music, kami betul-betul akan berfokus pada layanan ini saja," ujar Ruuben.

Lebih lanjut Ruuben mengatakan bahwa YouTube Music akan menjadi aplikasi bawaan di ponsel Android sebagai pengganti Google Play Music.

"Sebelumnya di semua ponsel Android kami sediakan aplikasi Google Play Music, tetapi sekarang kami menggantinya dengan aplikasi YouTube Music. Jadi kalau sekarang Anda membeli ponsel Android baru atau memperbarui versi Android Anda, aplikasi YouTube Music akan tersedia di ponsel Anda," tutur Ruuben.

 

Sekilas tentang YouTube Music

Google resmi merilis layanan YouTube Music dan YouTube Premium di Indonesia. Kedua layanan ini akan hadir pada Rabu (7/11/2019).

YouTube Music merupakan aplikasi dan web player yang telah dirancang ulang untuk mendengarkan musik. Cakupannya sangat luas, sehingga pengguna tak hanya dapat mendengarkan lagu-lagu dan official album, playlist, ataupun stasiun radio artis, tetapi juga banyak lagu lainnya yang ada di YouTube.

Google mengklaim ada lebih dari satu miliar pencinta musik di seluruh dunia yang mengakses YouTube setiap bulan untuk mendengarkan musik yang sedang populer dan menemukan musik baru. Selain itu, Google menyebut ada lebih dari dua juta artis yang mengekspresikan suara dan karya-karyanya.

Adapun YouTube Music Premium menawarkan fitur offline download dan pengalaman mendengar musik tanpa iklan dengan tarif mulai dari Rp49.000,- per bulan bagi pengguna perangkat berbasis Android dan iOS. Opsi berbayar ini memungkinkan pengguna untuk memutar lagu dan video di latar belakang, sehingga mereka tetap bisa mendengarkan musik sambil memakai aplikasi lain atau mengunci ponsel.

Sebagai perkenalan, Google menawarkan uji coba gratis YouTube Music Premium selama tiga bulan dan penawaran ini hanya berlaku hingga 26 November 2019. Di luar opsi berbayar, pengguna tetap dapat menikmati layanan YouTube Music tanpa berlangganan, tetapi dengan dukungan iklan.

Google juga merilis YouTube Premium ke pasar Indonesia dengan tarif berlangganan mulai dari Rp59.000 per bulan. Menariknya, tarif ini sudah termasuk langganan YouTube Music Premium dan menawarkan pengalaman bebas iklan dengan fitur pemutaran latar belakang serta offline download untuk jutaan video di YouTube.

Tersedia pula paket berlangganan khusus YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family Plan dengan tarif mulai dari Rp 75.000 per bulan dengan dukungan hingga 6 akun.

6 Kelebihan YouTube Music

1. Cakupan Luas

Layanan ini tidak hanya menawarkan hanya video musik, tetapi juga official music dan official album, single, remix, pertunjukan langsung, lagu cover, dan musik-musik lainnya yang hanya bisa ditemukan di YouTube.

2. Rekomendasi khusus

Layar beranda aplikasi akan menyesuaikan secara dinamis dan merekomendasikan jenis musik yang pernah didengarkan dan aktivitas yang dilakukan si pengguna.

3. Ribuan playlist

Tersedia ribuan playlist yang antara lain dikurasi berdasarkan popularitas video dan setelan region pengguna.

4. Fitur pencarian pintar

Pengguna bisa menemukan lagu yang dia cari, meski dia tidak tahu judulnya. Cukup mengetik potongan lirik yang dia hapal, YouTube Music akan menemukan lagu tersebut.

5. Video terbaru dan terpopuler

Video terbaru dan terpopuler dikurasi ke kolom Hotlist. Saat ini di Indonesia, kolom Hotlist antara lain menampilkan "Hotlist Pop Indonesia", "Hotlist Musik Dance Indonesia", "Hotlist Heavy Rock Indonesia", "Hotlist Rock Indonesia", "Hotlist Indie Indonesia", dan "Hotlist Hip Hop Indonesia".

6. Beralih dari video ke audio dan sebaliknya

Karena YouTube Music didasarkan pada video musik yang ada di YouTube, Google menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk beralih dari video ke audio dan sebaliknya dengan sekali tekan saja.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Syamsul Fitri Siregar Jadi Saksi Kasus Suap Wali Kota Medan

Posted: 05 Nov 2019 09:30 PM PST

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar menaiki tangga akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta,  Rabu (6/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar menaiki tangga akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta,  Rabu (6/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta,  Rabu (6/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narw

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap proyek dan jabatan pada Pemkot Medan tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narw

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta,  Rabu (6/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan nonaktif, Syamsul Fitri Siregar dikawal petugas akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Syamsul diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alexandra Grant Digandeng Keanu Reeves, Banyak Warganet Kecele

Posted: 05 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Keanu Reeves baru saja mengumumkan kepada publik mengenai kekasih barunya, Alexandra Grant. Keduanya tampil bergandengan tangan di LACMA Art + Film Gala yang digelar Gucci di Los Angeles, AS, pada Sabtu (2/11/2019).

Publik tentu saja langsung membicarakan tentang Alexandra Grant. Hanya saja, banyak yang keliru.

Diwartakan Page Six, ternyata banyak warganet yang salah lihat, mengira Alexandra Grant adalah aktris senior Helen Mirren. Maklum, kedua wanita ini sama-sama memiliki rambut berwarna putih-kelabu.

Salah Lihat

Aktor Keanu Reeves bersama sang kekasih, Alexandra Grant berpose di red carpet LACMA Art + Film di Los Angeles, 2 November 2019. Alexandra Grant diketahui adalah seorang seniman yang sempat beberapa kali bekerja sama dengan Keanu Reeves. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)

"Aku enggak pakai kacamata dan awalnya aku benar-benar berpikir dia pacaran dengan Helen Mirren, tapi aku juga setuju kalau memang dia," tutur @AngryBlackLady.

"Aku lihat foto ini dan benar-benar mengira Keanu Reeves berkencan dengan Helen Mirren. Yang mana akan kudukung juga," tutur @Travon.

"Yo, aku juga mengira begitu. Dan ya Helen Mirren juga bagus!" jawab @ArtRich7.

Helen Mirren

Aktris senior Helen Mirren. (VALERIE MACON / AFP)

Helen Mirren sendiri tak mungkin berpacaran lagi. Pasalnya, aktris 74 tahun ini telah menikah dengan Taylor Hackford sejak 1997.

 

Seniman

Alexandra Grant sendiri adalah seorang seniman yang berbasis di Los Angeles. Karyanya banyak mengeksplorasi soal teks dan bahasa lewat berbagai media, mulai dari lukisan, gambar, seni patung, film, dan fotografi.

 

Sahabat Lama

Keduanya diketahui adalah sahabat lama. Sebelumnya, Alexandra Grant bekerja sama dengan aktor The Matrix ini dalam penulisan buku Ode to Happiness pada 2011.

Kerja sama itu pun berlanjut pada 2016 saat wanita tersebut menjadi ilustrator buku Keanu Reeves yang bertajuk Shadows. Alexandra Grant dan Keanu Reeves lantas mendirikan rumah penerbitan X Artists' Books pada 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Filipina, Menhan Prabowo Bakal Tawarkan Panser Buatan Pindad

Posted: 05 Nov 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam waktu dekat akan berkunjung ke Filipina dalam rangka membahas rencana Filipina untuk memesan kendaraan lapis baja buatan PT Pindad. Hal ini akan dilakukan usai Prabowo menyambangi PT Pindad.

"Nanti Pak Menteri (Prabowo) akan ada rencana kunjungan ke Filipina, salah satunya itu (Panser buatan Pindad)," ujar Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Wahyu Sakti Trenggono di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (5/11).

Kata Trenggono, Filipina berencana akan membeli Panser, kendaraan lapis baja produksi PT Pindad. Namun hal ini masih dalam pembicaraan.

"Seperti kayak misalnya Filipina mau beli salah satu produknya Pindad, itu kan juga apa namanya Panser kalau nggak salah ya nah itu juga salah satunya akan kita liat," kata Trenggono.

Terkait waktunya, Trenggono mengaku belum mengetahui kapan kunjungan akan dilakukan. Namun, lanjut Trenggono, Prabowo dalam waktu dekat akan mengunjungi Filipina.

"Dalam waktu dekat. Waktunya saya belum tahu pasti. Belum fix, tapi dalam waktu dekat," pungkasnya.

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

Prestasi, 350 Panser Anoa Buatan Pindad Dipakai Misi Perdamaian PBB

Tak seperti Panser Anoa, Panser Badak ini dilengkapi dengan senjata cannon berkaliber 90 mm. (Foto:Humas Pindad)

Dalam rangka hari ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN dan PT Pindad (Persero) menggelar kegiatan Fun Walk di Bandung pada Sabtu ini. Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno juga meresmikan Monumen Panser Anoa di Taman Cibeunying.

Dalam peresmian tersebut, Menteri Rini didampingi oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil dan Direktur Pindad, Abraham Mose.

Rini mengaku bangga telah meresmikan Monumen Panser Anoa dan saat ini 350 unit panser Anoa telah digunakan oleh PBB untuk sejumlah misi perdamaian dunia. 

Ia mengatakan bukan hanya Kementerian BUMN, tapi seluruh masyarakat Indonesia bangga akan prestasi tersebut.

"Pindad ke depan harus inovatif dan kreatif, sehingga menjadi nomor satu di Asia dan terbaik di dunia. Memang dalam acara ulang tahun ini menekankan BUMN harus mengerti kita bukan hanya membuat produk, bukan hanya mencetak Rupiah, tapi yang utama BUMN melakukan fungsi sebagai agen pembangunan," kata Rini dikutip dari Antara, Sabtu (6/4/2019).

Dia juga mengatakan pencapaian yang telah diraih oleh Pindad itu tidak lepas dari generasi muda yang terua berinovasi.

Dia berharap bukan hanya Panser Anoa, tapi produk-produk lainnya dari dalam negeri bisa bersaing di tingkat dunia.

"Yang muda harus siap meneruskan Pindad untuk diteruskan ke anak cucu kalian," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Pecat Simon McMenemy Sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Posted: 05 Nov 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PSSI akhirnya memberhentikan Simon McMenemy dari tugas sebagai pelatih Timnas Indonesia. Seperti dilansir situs PSSI, Exco PSSI memutuskan untuk mengganti pelatih Simon Mc Menemy.

PSSI akan mempertimbangkan beberapa nama pelatih yang bisa diandalkan untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia melawan Malaysia di Kuala Lumpur pada tanggal 19 November mendatang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Simon atas kerja sama selama ini. Semoga laga melawan Malaysia kita mendapatkan hasil yang positif," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Jakarta, Rabu (6/11) .

Selanjutnya, untuk mencari pengganti Simon, Exco PSSI akan mendengarkan masukan dari Departemen Teknik PSSI. Selain itu, Ketua Umum PSSI juga akan mengundang dan menyerap aspirasi dari beberapa ekspert pelatih yang ada di Indonesia.

"Kita akan mendiskusikan hal ini dengan terbuka," ujar Iriawan yang memimpin rapat Komite Eksekutif pada hari Selasa malam.

 

Calon Pelatih

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat laga Indonesia Raya berkumandang sebelum melawan Thailand pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia kalah 0-3 dari Thailand. (AFP/Vitalis Yogi Trisna)

Beberapa nama pelatih masuk dalam pantauan, seperti mantan pelatih tim nasional Korea Selatan, Shin Tae Yong. Selain itu juga ada Luis Milla yang kembali diusulkan.

Simon McMenemy mulai menangani Timnas Indonesia pada awal 2019. Pelatih asal Skotlandia ini dikontrak dua tahun hingga 2020 mendatang. Simon telah memimpin Timnas Indonesia sebanyak tujuh kali pertandingan. Tiga laga uji coba internasional (FIFA Match Day) dan empat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

 

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Pasuruan Bakal Bangun Kelas Baru di SDN Gentong pada 2020

Posted: 05 Nov 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan akan segera membangun kelas baru di SDN Gentong, Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Diharapkan pada 2020 akan direalisasikan dan masuk kegiatan prioritas karena pembahasan APBD 2020 belum final.

Mengutip keterangan tertulis, Rabu (6/11/2019), Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menyatakan, ambruknya atap kelas di SDN Gentong menjadi pelajaran untuk mengantisipasi sehingga kejadian tidak terulang lagi. Diharapkan ke depan, semua sekolah yang ada di Kota Pasuruan harus dicek rutin oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan dan diikutkan asuransi BPJS.

Selain itu, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bahrul Ulum menuturkan, Pemerintah Kota Pasuruan ikut prihatin dan berbela sungkawa yang mendalam atas musibah tersebut. Ambruknya atap kelas SDN Gentong, Pasuruan mengakibatkan satu siswi dan satu orang guru meninggal dunia. Selain itu, belasan siswa-siswi mengalami luka-luka.

Ia menuturkan,korban luka-luka ditangani di Rumah Sakit Umum Dr.R.Soedarsono Kota Pasuruan. Ada sebanyak 15 siswa-siswi yaitu satu siswi meninggal dunia. Delapan siswa-siswi dalam kondisi baik dan diperbolehkan pulang oleh dokter, enam siswa-siswi harus rawat inap termasuk dua siswa harus menjalani operasi karena mengalami patah tulang kaki dan diharuskan ada tindakan observasi.

Sedangkan di Rumah Sakit Medika menangani satu orang petugas perpustakaan UPT SDN Gentong dan dinyatakan meninggal dunia. Petugas perpustakaan tersebut merupakan guru pegawai harian lepas yang kebetulan mengganti mengajar karena guru kelas tidak masuk karena sakit.

"Semua biaya pengobatan dan perawatan kroban sampai sembuh total ditanggung oleh Pemerintah Kota Pasuruan dan yang meninggal dunia sudah diberi santunan," ujar dia, Rabu (6/11/2019).

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pasuruan mendukung langkah-langkah yang telah dilakukan oleh aparat wewenang. "Diharapkan kepada semua pihak dengan terjadinya musibah ini jangan diwarnai dengan sikap politis. Yang penting penanganan musibah tersebut dilakukan dengan baik," kata dia.

Atap Kelas di SDN Gentong Pasuruan Roboh

Atap gedung SDN Gentong Kota Pasuruan, Jawa Timur ambruk pada Selasa (5/11/2019). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, satu guru dan satu murid meninggal dunia akibat peristiwa bangunan atap sekolah ambruk di Sekolah Dasar (SD) Negeri Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Selasa, 5 November 2019. Selain itu, terdapat 11 siswa yang mengalami luka - luka. 

"Berdasarkan laporan yang diterima dari Polres Pasuruan Kota, identitas korban meninggal dunia berinisial IA, usia 8 tahun warga Gentong, Kota Pasuruan dan seorang guru, Silvina Asri, usia 19 tahun," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera. 

Ia mengatakan, saat ini Polresta Pasuruan mengevakuasi bangunan yang ambruk. Diketahui, atap bangunan yang ambruk menimpa belasan siswa yang sedang kegiatan belajar mengajar.

"Sekolah itu letaknya di Kota Pasuruan Kota SD Gentong, Kecamatan Gadingrejo. Peristiwanya tadi sekitar pukul 08.30 WIB," kata Barung. 

Barung menyampaikan, gedung yang ambruk di SDN Gentong Pasuruan berada di bagian depan terdiri dari empat kelas, yaitu kelas 2 A dan B dan kelas 5 A dan B. Di kelas V B dan II A tidak ada korban.

"Hasil identifikasi sementara masih berlangsung antara 13 menjadi korban, 11 luka-luka, dua yang meninggal dunia," kata Barung.

"Nah ini meninggal dikarenakan terkena bangunan itu jelas karena ambruk dari atas," Barung menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula, Waspadai Dampaknya Bagi Kesehatan

Posted: 05 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gula menjadi bagian tak terpisahkan dalam pola makan. Gula yang diserap ke dalam darah bertindak sebagai sumber bahan bakar untuk jaringan di dalam tubuh, termasuk otak. Meski gula penting untuk metabolisme tubuh, mengonsumsinya berlebihan dapat berdampak buruk.

Gula hadir dalam berbagai bentuk makanan dan minuman. Mulai dari minuman, camilan, hingga makanan berat, gula selalu hadir. Tak jarang, konsumsi gula menjadi berlebihan. Padahal asupan gula berlebihan bisa menimbulkan berbagai penyakit termasuk obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Gula hampir selalu ditemui pada produk makanan dan minuman olahan. Gula yang ditambahkan ke makanan olahan jauh lebih buruk daripada gula alami di seluruh makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Saat banyak mengonsumsi gula, tubuh menunjukkan tanda-tanda tertentu. Seseorang mungkin akan mendapati perubahan pada sistem metabolisme dan keseluruan kesehatannya. Berikut 10 tanda terlalu banyak konsumsi gula, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(6/11/2019).

Masalah pencernaan

Ilustrasi BAB (iStock)

BAB tidak teratur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gula bisa mengurangi keanekaragaman bakteri sehat dalam usus hanya dalam waktu seminggu. Ini bisa memperlambat sistem pencernaan. Makanan yang tinggi serat secara alami memiliki dampak positif. Orang yang konsumsi gulanya berlebihan umumnya tidak makan banyak serat.

Kembung

Makanan asin diketahui menyebabkan kembung, tetapi makanan yang tinggi gula juga dapat menyebabkan hal serupa. Penting juga untuk dicatat bahwa jika Anda memiliki sensitivitas terhadap gula seperti fruktosa (gula dalam buah) dan laktosa (dalam susu), perut akan mengalami kembung dan gejala iritasi pencernaan.

Perubahan kulit

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Jerawat di area rahang dan mulut

Sementara para ahli mengatakan bahwa jerawat parah tidak ada hubungannya dengan makanan bagi sebagian orang, beberapa studi telah menghubungkan jerawat dengan konsumsi terlalu banyak makanan manis. Gula meningkatkan produksi hormon terutama androgen yang terkait dengan jerawat hormon peradangan. Jerawat ini biasanya muncul di sekitar rahang dan mulut.

Kulit cepat keriput

Makanan tinggi gula telah terbukti mempercepat penuaan kulit. Ini karena terlalu banyak gula makanan bereaksi dengan protein dalam aliran darah dan membentuk produk akhir glikasi lanjut (AGEs). AGEs ini merusak protein struktural dalam kolagen kulit dan elastin. Makanan tinggi gula dapat membuat kulit lebih cepat keriput dan terlihat lebih tua.

Perubahan psikologis

Ilustrasi mood (iStockphoto/hobo_018)

Moody dan mudah tersinggung

Beberapa studi mengaitkan gula dengan gangguan mood seperti depresi. Selain perubahan gula darah, gula dapat mengacaukan neurotransmiter di otak yang mengatur suasana hati.

Susah tidur malam

Mengonsumsi makanan manis yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memicu susah tidur, setidaknya dalam jangka pendek. Bahkan jika bisa tertidur, tidur tidak akan nyenyak. Anda mungkin tidak bangun dengan perasaan baik, karena gula darah turun pada malam hari.

Gangguan kesehatan tulang

Ilustrasi gigi (iStockphoto)

Gigi terus berlubang

Gula adalah penyebab utama di balik kerusakan gigi. Ketika gula menempel di gigi, ia memberi makan bakteri plak yang sudah ada secara alami di sana. Ini dapat mengikis enamel gigi. Kombinasi terburuk penyebab gigi berlubang adalah gula dan asam karena keduanya merusak enamel gigi. Kombinasi ini biasa ditemui pada soda dan minuman energi.

Nyeri sendi

Beberapa penelitian secara teratur mengaitkan minuman bergula dengan rheumatoid arthritis pada wanita, mungkin karena peradangan. Penelitian lain menemukan bahwa orang yang minum lima atau lebih minuman manis dalam seminggu lebih mungkin menderita radang sendi.

Masalah berat badan

ilustrasi timbangan berat badan/copyright By VGstockstudio from Shutterstock

Selalu lapar

Gula tidak mengandung serat atau protein, makanan ini tidak dapat memberi rasa kenyang. Ini karena gula menyebabkan gula darah naik dan cepat turun, sehingga tubuh merasa lebih lapar dan membutuhkan lebih banyak gula lagi. Pastikan menyeimbangkan pola makan dengan nutrisi lain. Makanan dengan serat, lemak sehat, dan protein tanpa lemak membuat tubuh lebih kenyang.

Susah menurunkan berat badan

Penambahan berat badan, tentu saja terjadi ketika makan terlalu banyak. Makanan dengan banyak gula putih, tidak dapat memberi rasa kanyang sehingga Anda cenderung makan lebih banyak kalori. Mengonsumsi makanan ini dalam jumlah banyak mungkin akan menghilangkan rasa lapar, namun hanya sementara waktu.

Perubahan sistem tubuh

Perubahan sistem tubuh  (Ilustrasi/iStockphoto)

Tekanan darah naik

Gula lebih buruk untuk tekanan darah daripada garam. Beberapa minggu dengan pola makan tinggi sukrosa, dapat meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Studi British Journal of Nutrition lainnya menemukan bahwa untuk setiap minuman yang dimaniskan dengan gula, risiko terkena hipertensi meningkat delapan persen.

Buah-buahan tidak terasa manis

Terlalu sering makan gula termasuk menambahkan gula atau bahkan pengganti gula ke makanan tertentu dapat mengubah penfsiran rasa manis. Misalnya apel sudah memiliki rasa manis alami, tapi ketika terbiasa menambahkan gula di atasnya, penafsiran rasa manis akan berubah. Ini membuat apel akan terasa kurang manis tanpa tambahan gula. Mengurangi gula tambahan dan pemanis buatan bisa membantu mengembalikan penafsiran tubuh untuk menikmati rasa manis alami dari buah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Ngobrol Bersama Band Goliath di Vidio Talk

Posted: 05 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Band Goliath merupakan sebuah grup band musik asal Pelabuhan Ratu, Indonesia. Band ini sudah terbentuk dari tahun 2009.

Awal mula dibentuk grup band musik ini beranggotakan 6 orang, setelah 3 tahun vakum, band ini kembali hadir dengan formasi baru dengan hanya beranggotakan 3 orang beserta pemain musik tambahan.

Nah, pada kesempatan kali ini band yang terkenal dengan lagunya "Cinta Monyet" ini akan berbagi cerita serta keseruannya dalam Vidio Talk minggu ini. Tidak hanya sekedar bincang-bincang, Goliath juga akan diajak bermain games yang menarik.

Ingin lihat bincang-bincang seru bersama band Goliath? Jangan lupa saksikan hanya di Vidio, Rabu, 6 November 2019, pukul 14.00 WIB dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Geram Perbankan Tak Kunjung Turunkan Suku Bunga Kredit

Posted: 05 Nov 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) banyak memberikan teguran terkait industri keuangan dalam acara Indonesia Banking Expo 2019 di Fairmont Hotel hari ini.

Salah satu yang paling jelas tegurannya ialah industri perbankan yang sampai dengan hari ini belum juga menurunkan suku bunga kredit.

"Saya mengajak untuk memikirkan secara serius untuk menurunkan suku bunga kredit. Negara lain sudah turun, turun, turun, kita BI-rate sudah turun, bank-nya belum. Ini saya tunggu," ujarnya di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

 

Seperti diketahui, Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga acuan (7 Days Reverse Repo Rate/7DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) ke level 5 persen pada 24 Oktober 2019.

Begitu pula dengan tingkat suku bunga deposit facility dan bunga lending facility masing-masing turun 25 persen menjadi 4,25 persen dan 5,75 persen.

Sementara itu, Kepala Riset Buana Capital Suria Dharma meyakini bahwa perbankan akan secara bertahap menurunkan suku bunga kredit.

"Pelan-pelan karena mereka (perbankan juga mau perbaiki net interest margin (NIM) atau marjin bunga bersih terlebih dahulu," kata dia.

BI Pangkas Suku Bunga Acuan, Kapan Bunga Kredit Turun?

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi pada angka 5,00 persen pada hari ini.

Kepala Riset Buana Capital Suria Dharma menilai, kebijakan penurunan suku bunga acuan BI memang upaya bertahap untuk memperbaiki margin bunga bersih atau net interest margin (NIM).

Selain itu, pemangkasan suku bunga dinilai juga akan memperbaiki likuiditas perbankan, meskipun masih tetap membutuhkan penyesuaian terhadap efek penurunan suku bunga.

"Kalau suku bunga turun, berarti itu kan positif. Bagus dong," kata dia kepada Liputan6.com, seperti dikutip Jumat (27/10/2019).

Untuk penurunan kredit perbankan, dia bilang, industri keuangan dipastikan akan secara bertahap melakukan penurunan kredit.

"Untuk bank-bank, yang pasti pelan-pelan mereka akan turunkan. Karena mereka juga mau perbaiki NIM dulu," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjabarkan memang membutuhkan waktu bagi perbankan untuk menurunkan kredit.

Misalnya saja, bunga deposito dari Juli hingga September 2019 baru turun 26 bps. Sedangkan transmisi ke suku bunga kredit juga jauh lebih kecil, yaitu hanya 8 bps dari Juli hingga Agustus 2019.

"Berarti memang ini ada jeda. Harapannya suku bunga deposito (juga kredit) akan menurun lagi. Karena BI sudah turunkan 10 bps dengan harapan bank akan menurun (suku bunga kredit dan deposito) karena bank perlu waktu untuk menyesuaikan suku bunganya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapat Bareng Komisi I, Panglima TNI Bahas 2 Isu Penting

Posted: 05 Nov 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR RI menggelar rapat kerja dengan TNI terkait rencana kerja 2020 berserta anggaran dan pembahasan isu-isu aktual. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan ada dua isu aktual yang akan menjadi fokus TNI pada 2020 mendatang.

Pertama adalah pemindahan ibukota negara dan kedua Pilkada. "Isu-isu aktual pertama adalah pemindahan ibukota negara dan Pilkada serentak 2020," kata Panglima Hadi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Panglima HI menyebutkan terdapat satu daerah rawan yang berpotensi terjadi konflik SARA, konflik horizontal dan politik uang, yakni Papua.

"Adapun daerah yang diperkirakan berpotensi konflik karena isu SARA, konflik horizontal dan politik uang adalah wilayah Papua," katanya.

Pengamanan Pilkada termasuk di Papua menurut Hadi telah dimulai sejak awal Oktober lalu.

"Tahapan Pilkada serentak dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2019 sampai dengan 23 September 2020 sebagaimana yang dilaksanakan pada pengamanan Pilkada serentak yang lalu," ucapnya.

Untuk mengamankan Pilkada tersebut, TNI mengerahkan 2/3 dari jumlah personel Polri.

"Guna mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak tersebut TNI menyiagakan personel dan Alutista untuk perbantuan kepada Polri sesuai dengan Undang-undang dan aturan yang berlaku. Pada pemilu yang lalu TNI mengerahkan kekuatan sebesar 2/3 dari kekuatan yang dikerahkan oleh Polri," dia menandaskan.

Usai pemaparan, Ketua Komisi I Meutia Hafid mengumumkan rapat akan dilanjutkan secara tertutup. Pembahasana ngagran dan tanya-jawab akan dilakukan secara tertutup.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Semua Bank Biayai dan Bina UMKM

Posted: 05 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara Indonesia Banking Expo 2019 di Fairmont Hotel, Jakarta Selatan pagi ini.

Di sela-sela pidatonya, dia mengingatkan agar jangan Bank BRI saja yang fokus menyalurkan kredit kepada pengusaha-pengusaha kecil atau UMKM.

"Perbankan juga harus dorong penyaluran kredit ke UMKM agar gini rasio dan gap perkembangan jadi kecil. Jangan yang ngurus BRI saja. Saya ingatkan, jangan biayai yang besar-besar saja," tuturnya di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi bilang, meski return (untungnya) kecil, pengusaha kecil atau UMKM merupakan tulang punggung masa depan perekonomian bangsa Indonesia.

"Saya tahu kalau membiayai yang kecil biaya tinggi, capek dan untung kecil. Saya tau. Tapi saya mengajak semuanya untuk mulai mau memperhatikan mereka untuk masa depan bangsa kita," ujarnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga menekankan agar perbankan jangan hanya menyalurkan kredit kepada nasabah yang itu-itu saja.

"Selain yang besar-besar, juga jangan biayai yang itu-itu saja, kalau bapak ibu disini tepuk tangan, artinya setuju," ucap dia kepada peserta yang hadir.

Jokowi: Bos IMF Ingatkan Saya Soal Ancaman Perlambatan Ekonomi Global

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita usai dirinya bertemu Managing Director IMF Kristalina Georgieva di KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand pada Minggu, 3 November 2019.

Kata dia, Kristalina mengingatkan pentingnya menjaga kebijakan fiskal dan moneter Indonesia di tengah tren perlambatan ekonomi global yang kian nyata.

"Saya sudah ketemu Managing Director IMF (Kristalina). Dia memberikan warning bahwa hati-hati dalam mengelola kebijakan ekonomi," ungkapnya di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi menjelaskan, kondisi ekonomi RI terbilang cukup kuat mengingat pertumbuhan ekonomi masih stabil di kisaran 5 persen. Sedangkan sejumlah negara lain tercatat sudah minus atau bahkan anjlok.

"Bandingkan negara-negara lain. Ada yang minus bahkan menuju ke 0. Kemudian dari yang 7 persen anjlok dibawah 1 persen. Kita harus bersyukur. Kita Alhamdulilah pertumbuhan masih 5 persen lebih dikit. Lebih sedikit masih bagus," ujarnya.

 

Dampak Perang Dagang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan ketika memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Topik Sidang Kabinet Paripurna tersebut  yakni Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi melanjutkan, ekonomi dunia saat ini memang menunjukan tren penurunan apalagi ditambah dengan perang dagang AS-Tiongkok yang tak berkesudahan.

"Kita harus hati-hati dengan kondisi ekonomi saat ini. Ada perang dagang, brexit, negara-negara lain ada yang menuju atau bahkan sudah resesi," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rayakan Tradisi Bonfire Night, Warga Inggris Turun ke Jalan

Posted: 05 Nov 2019 09:10 PM PST

Peserta melakukan pawai sambil membawa obor dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Obor yang mereka bawa itu nantinya akan digunakan untuk menyalakan kembang api dan api unggun. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai sambil membawa obor dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Obor yang mereka bawa itu nantinya akan digunakan untuk menyalakan kembang api dan api unggun. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta mengarak patung Guy Fawkes dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Penduduk Inggris juga membawa patung berukuran besar dan mengaraknya sembari berparade. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta mengarak patung Guy Fawkes dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Penduduk Inggris juga membawa patung berukuran besar dan mengaraknya sembari berparade. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai melintasi jalan dalam perayaan Bonfire Night di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Setiap tahunnya pada tanggal 5 November, warga Inggris menggunakan kostum, berdandan, berkumpul, lalu melakukan pawai ke seluruh penjuru kota sambil membawa obor. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai melintasi jalan dalam perayaan Bonfire Night di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Setiap tahunnya pada tanggal 5 November, warga Inggris menggunakan kostum, berdandan, berkumpul, lalu melakukan pawai ke seluruh penjuru kota sambil membawa obor. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai sambil membawa obor dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Obor yang mereka bawa itu nantinya akan digunakan untuk menyalakan kembang api dan api unggun. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai sambil membawa obor dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Obor yang mereka bawa itu nantinya akan digunakan untuk menyalakan kembang api dan api unggun. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai sambil membawa obor dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Tak hanya itu, penduduk Inggris juga akan membawa patung berukuran besar dan mengaraknya sembari berparade. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai sambil membawa obor dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Tak hanya itu, penduduk Inggris juga akan membawa patung berukuran besar dan mengaraknya sembari berparade. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai sambil membawa obor dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Perayaan tersebut ditujukkan untuk memperingati hari eksekusi Guy Fawkes, yaitu eksekutor yang ditugaskan meledakkan House of Parliament. (Ben STANSALL/AFP)

Peserta melakukan pawai sambil membawa obor dalam perayaan Bonfire Night melintasi jalan di Sussex Timur, Inggris, Selasa (5/11/2019). Perayaan tersebut ditujukkan untuk memperingati hari eksekusi Guy Fawkes, yaitu eksekutor yang ditugaskan meledakkan House of Parliament. (Ben STANSALL/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Minuman dalam Plastik, Pria Inggris Direspons Warganet dari Berbagai Negara

Posted: 05 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Suatu minuman dapat dikemas dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan gelas, cangkir, hingga plastik. Mengemas minuman dengan menggunakan plastik telah menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan, terutama oleh penjual minuman pinggir jalan.

Baru-baru ini wartawan asal Inggris, Mike Elgan menjadi sorotan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Melalui akun Twitter-nya @MikeElgan, ia mengunggah foto dirinya membeli minuman yang dikemas dalam plastik.

Dalam twitnya, ia mengatakan bahwa minuman dengan kemasan plastik dapat ia temukan di beberapa negara di Amerika Latin.

"Salah satu dari beberapa hal menyenangkan mengenai beberapa negara Amerika Latin adalah kamu dapat membeli minuman di dalam plastik," twit yang ditulis @MikeWard pada Minggu (3/11/2019).

Direspons Warganet dari Berbagai Negara

(twitter.com/@MikeElgan)

Mike mengatakan bahwa minuman berwarna kuning tersebut ia dapatkan dari kota Oaxaca, Meksiko. Twit-nya pun mendapat beragam respons warganet dari berbagai negara yang juga memiliki budaya mengemas minuman dalam plastik.

Dalam komentarnya, masing-masing warganet pun pamer minuman mereka. 

Malaysia

Warganet Malaysia ikut memperlihatkan minuman dengan kemasan plastik khas mereka. Minuman itu disebut dengan 'ikat tepi'.

(twitter.com/@hidayatzev)(twitter.com/@EncheMarchisio)

Thailand

(twitter.com/@pipe71020518)

Arab Saudi

Arab Saudi juga kerap menggunakan kemasan plastik dalam menyajikan minuman.

(twitter.com/@Dioken89)

Mesir

Salah satu warganet dari Mesir mengatakan bahwa terdapat minuman tebu dingin yang dibungkus dengan plastik.

(twitter.com/@loyaelghareb)

Tiongkok

Bahkan di Tiongkok terdapat minuman beralkohol yang dikemas menggunakan plastik besar.

(twitter.com/@Bardnet)

Indonesia

Warganet Indonesia pun tidak mau kalah dengan negara-negara lain. Mereka juga ikut memamerkan minuman dalam kemasan plastik melalui foto-foto yang tak kalah kreatif.

Tak hanya minuman, salah satu warganet juga memperlihatkan uniknya makanan di Indonesia yang menggunakan kemasan plastik.

(twitter.com/@Feryzawa)(twitter.com/@alviyanw)(twitter.com/@cameoong)

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Suap Wali Kota Medan, KPK Cegah Legislator Sumut ke Luar Negeri

Posted: 05 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirimkan surat pelarangan ke luar negeri kepada Direktorat Jenderal Imigrasi atas nama Akbar Himawan Buchari. Pencegahan ke luar negeri untuk anggota DPRD Sumatera Utara itu dilakukan berkaitan dengan kasus dugaan suap Wali Kota Medan Teuku Dzulmi Eldin.

"Pelarangan dilakukan selama 6 bulan ke depan terhitung sejak 5 November 2019," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (6/11/2019).

Akbar Himawan merupakan saksi dalam kasus ini. Akbar sempat dijadwalkan diperiksa tim penyidik pada Kamis 31 Oktober 2019 namun mangkir dengan alasan tengah berobat ke Malaysia.

"Pelarangan ke luar negeri ini dilakukan karena kebutuhan penyidikan. Agar ketika nanti yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi bisa memenuhi panggilan penyidik dan tidak sedang berada di luar negeri," kata Febri.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Wali Kota nonaktif Medan Tengku Dzulmi Eldin (TDE) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait dengan proyek dan jabatan di lingkungan pemerintahan Kota Medan tahun anggaran 2019.

Selain Dzulmi, KPK juga menjerat dua orang lainnya, yakni Kadis PUPR Kota Medan Isa Ansyari (IAN) dan Kabag Protokoler Kota Medan, Syamsul Fitri Siregar (SFI).

Ke Jepang

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin (kiri) tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Wali Kota Medan terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK bersama dengan enam orang lainnya dan uang lebih dari Rp200 juta. (merdeka.com/Imam Buhori)

Dzulmi diduga menerima suap untuk menutupi ekses perjalanan dinas wali kota ke Jepang. Dalam perjalanan dinas, Dzulmi membawa serta keluarga dan beberapa kepala dinas. Dzulmi dan keluarganya memperpanjang waktu tinggal di Jepang selama tiga hari di luar waktu perjalanan dinas.

Akibat keikutsertaan pihak-pihak yang tidak berkepentingan, terdapat pengeluaran perjalanan dinas Walikota yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan tidak bisa dibayarkan dengan dana APBD.

Pihak travel kemudian menagih sejumlah pembayaran tersebut kepada Dzulmi. Dzulmi kemudian bertemu dengan Syamsul dan memerintahkannya untuk mencari dana dan menutupi ekses perjalanan ke Jepang tersebut dengan nilai sekitar Rp 800 juta.

Syamsul kemudian membuat daftar target kepala-kepala dinas yang akan dimintakan dana, termasuk diantaranya adalah kadis-kadis yang ikut berangkat ke Jepang dan Isa meskipun tidak ikut berangkat ke Jepang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luncurkan Koleksi Sepatu untuk Dukung Kampanye Ramah Lingkungan, Vans Diserang Kritikan

Posted: 05 Nov 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Produsen Vans Amerika baru-baru ini meluncurkan koleksi baru yang dirancang untuk mempromosikan kesadaraan terhadap lingkungan. Vans mengikuti jejak perusahaan fesyen lain yang menyoroti lingkungan.

Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah merek fesyen, termasuk Weekday, Mango, dan Reformation telah mengumumkan inisiatif untuk membantu mengurangi dampak industri fesyen terhadap lingkungan. Kini, Vans bergabung dengan mereka.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam dokumen Program Lingkungan PBB, industri fesyen menyumbang 10 persen total emisi karbon yang disumbang lewat proses distribusi produk menggunakan pesawat maupun kapal. Selain itu, industri tekstil juga menjadi penyumbang polusi air terbesar kedua secara global.

Melalui koleksi terbaru yang dinamai "Save Our Planet", Vans berharap bisa menarik perhatian publik atas masalah kerusakan lingkungan, khususnya polusi lautan.

Seperti dilansir Independent, Selasa, 6 November 2019, koleksi terbaru itu tersedia dalam empat jenis sepatu, yakni Era, Slide-On, UltraRange Rapidweld dan Sk8-Hi Reissue. Setiap sepatu menampilkan grafik warna-warni atau monokrom dari peta dunia di samping slogan "Save Our Planet" yang dicetak dengan gaya grafiti dan tanda perdamaian.

Koleksi Vans lain adalah pakaian dan aksesori, termasuk T-shirt, hoodie, jaket puffer, dan dua tas. Harganya mulai dari 28 pound sterling setara Rp500 ribu untuk sebuah tas pinggang, sedangkan harga alas kaki berkisar 57-77 pound sterling atau sekitar Rp1 juta-Rp1,3 juta, dan jaket seharga 110 pound sterling atau Rp1,9 juta.

Niat Baik Dipertanyakan

Sumber: Vans.com

Dari penjualan tersebut, pihak Vans akan menyumbangkan hingga 160.000 pound sterling atau nyaris Rp2,9 miliar untuk Sustainable Coastlines Hawaii--sebuah yayasan yang bekerja untuk mengatasi polusi pantai.

Namun, di balik niat baik peluncuran koleksi Vans tersebut, tak semua orang percaya bahwa cara tersebut sebagai cara terbaik untuk mempromsikan keberlanjutan. Orsola de Castro, pendiri dan direktur kreatif Fashion Revolution--sebuah gerakan global yang meningkatkan kesadaran akan masalah paling mendesak di industri mode--menuduh Vans menjadi bagian dari masalah.

"Sepertinya mereka menyumbangkan uang dan menggunakan banyak plastik," kata de Castro.

Sebelumnya, Vans meluncurkan koleksi sepatu terbarunya dengan desain bergambar payudara dan beragam bentuk puting. Koleksi tersebut dipersembahkan untuk memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia pada 26 Oktober 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quan Peng, Disabilitas yang Wujudkan Mimpi Keliling Tiongkok

Posted: 05 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang disabilitas bernama Quan Peng menolak untuk tetap diam saja dengan kekurangannya. Justru di atas kursi rodanya, Quan Peng mewujudkan mimpinya.

Menjadi disabilitas dengan bantuan kursi roda seumur hidupnya, Quan Peng tetap ingin untuk memenuhi impiannya berkeliling Tiongkok.

Dilansir Oddity Central, Quan kehilangan kedua kakinya pada usia 17. Pria asal Gansu itu harus menjalani operasi untuk mengangkat tumor dari tulang belakangnya. Prosedur pembedahan itu ikut merusak saraf-saraf di kakinya.

Quan memutuskan untuk menjalani hidupnya seperti orang normal. Dia pindah ke Beijing pada 2013 untuk mengejar karir sebagai entrepreneur online.

Tak lama kemudian, dia memutuskan untuk mewujudkan mimpinya berkeliling Tiongkok. Quan Peng memulai perjalanan mengelilingi daratan Tiongkok dari Beijing pada 31 Agustus 2014.

"Ini adalah provinsi kelima dan kota keduapuluhdua yang sudah saya lewati selama perjalanan," kata Quan kepada media lokal setelah mencapai Fuzhou.

"Nasib saya telah menghalangi kebebasan saya. Saya harus mendapatkannya kembali, bagaimanapun caranya. Seiring dengan keinginan untuk melihat dunia dengan mata saya sendiri, saya juga melakukan perjalanan ini agar orang melihat pentingnya memiliki fasilitas bebas hambatan," ucap Quan.

Perjalanan itu sendiri tak ditempuh Quan dengan mudah. Apalagi mengingat kondisinya yang merupakan seorang disabilitas.

Quan sempat mengalami nyeri pundak, terjatuh dari kursi roda, bahkan sampai tergelincir dari bukit. Namun kesulitan-kesulitan itu sama sekali tidak membuatnya menyerah.

 

Berharap Bisa Memberi Inspirasi

Kehilangan kaki dan menjadi disabilitas, pemuda ini wujudkan mimpi keliling Tiongkok. (Merdeka.com)

Sejauh ini, Quan telah melakukan perjalanan sejauh 2.800 kilometer. Dia sudah menjelajahi hampir seluruh Tiongkok dan perjalanannya masih jauh dari selesai.

Quan Peng berencana untuk mengakhiri perjalanannya di Sanya, provinsi Hainan. Untuk itu, dia perlu menempuh perjalanan sejauh 1.700 kilometer lagi.

Di setiap perhentiannya, Quan juga mendokumentasikan ada atau tidaknya fasilitas yang tersedia untuk orang cacat seperti dirinya. Sayangnya, di sebagian besar tempat yang dia kunjungi tak tersedia fasilitas semacam itu.

Melalui ceritanya, Quan berharap dapat menginspirasi orang dan membuat mereka melihat bahwa berada di kursi roda tidak perlu harus menggagalkan mimpi dan ambisi seseorang.

 

(Annisa Suryanie)

 

Reporter : Tantri Setyorini

Sumber   : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT PLN Raih The Best Marketing BUMN 2019

Posted: 05 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BUMN TRACK didukung oleh Arrbey Consulting kembali menggelar BUMN Branding and Marketing Award 2019. Mengambil tema "Beyond Innovation", kegiatan yang pada tahun ini memasuki tahun ke-7 bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan berkinerja unggul dan berkompetisi di pasar global melalui inovasi di bidang branding dan marketing.

Antusiasme peserta meningkat yang terlihat dari bertambahnya jumlah peserta tahun ini sebanyak 92 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN. Sementara peserta yang lolos tahap seleksi kedua berupa wawancara dan presentasi di hadapan dewan juri mengerucut menjadi 77 perusahaan. 

Pemimpin perusahaan BUMN Track SH Sutarto mengatakan, selain peningkatan peserta yang cukup signifikan, terjadi pula penambahan kategori berupa Kategori Indikator Global. Mengingat, kekuatan branding merupakan salah satu pilar utama di era Industri 4.0 yang persaingannya tidak hanya lingkup nasional tetapi juga global.

"Kami melihat kinerja Branding dan Marketing BUMN sudah jauh meningkat dan opersional pelayanan publiknya pun bersaing di tingkat Global. Karena itulah, kami merasa perlu untuk menyertakan aspek Indikator Global sebagai kategori yang dinilai pada tahun ini," ungkap SH Sutarto di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (5/11). 

Pada kategori The Best CMO, Devy Suradji yang menjabat sebagai Direktur Marketing & Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) dinobatkan sebagai The Best CMO BUMN. Sementara The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diraih oleh Romulo Hutapea sebagai Direktur Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga. Selanjutnya, peraih The Best CMO BUMN Tbk adalah Bambang Rianto Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero), Tbk. dan pemenang The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diserahkan kepada Dilo Seno Widagdo sebagai Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara, Tbk.

Dari penilaian korporasi, PT PLN (Persero) sebagai penyuplai kelistrikan nasional yang mengutamakan creative competitive strategy yang andal dan aman dinobatkan sebagai The Best Marketing BUMN. Disusul PT Angkasa Pura I (Persero) yang mengelola 14 badara di wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur meraih The Best Branding. Sementara P INKA (Persero) meraih The Best Indikator Global atas keberhasilannya mengekspor gerbong kereta ke beberapa negara secara berkelanjutan. 

Selanjutnya, peraih The Best Corporate Anak Perusahaan BUMN diterima oleh PT Telkomsel sebagai The Best Branding, PT Infomedia Nusantara sebagai The Best Marketing dan PT Pertamina Lubricants peraih The Best Indokator Global. Kemudian, penerima The Best Corporate Tbk diraih oleh PT Jasa Marga selaku The Best Branding, PT GMF AeroAsia Tbk sebagai The Best Marketing dan PT Waskita Karya Tbk selaku peraih The Best Indikator Global.

Ketua Dewan Juri BUMN and Marketing 2019 sekaligus Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Prof Rhenald Kasali menyatakan, digital marketing sebagai bagian dari transformasi digital telah membuat BUMN mampu bersaing di luar batas dan memiliki kualitas dengan global mindset. Di sisi lain, para  pemenang CMO terbaik terbukti mampu menerapkan global mindset dan menggiring perusahaannya menjadi world class company. 

"BUMN dinilai sudah mampu memberikan kontribusi ekonomi yang tinggi. Ada banyak fakta BUMN mulai bergerak, tidak lagi menjadi lazy company. Melalui ajang ini, bagaimana inovasi yang terus dikembangkan mampu menjadikan BUMN bersaing di kancah global," ungkap Rhenald.

Didukung oleh tim penilai para dewan juri yang kompeten di bidangnya mewakili akademisi, profesional dan pakar branding marketing, hasil BUMN Branding dan Marketing Award 2019 diharapkan bisa menjadi refleksi bagi pengelolaan BUMN ke depan yang kian lincah, efektif, kompetitif dan modern. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Uji JPO Tanpa Atap di Sudirman di Bawah Terik Matahari

Posted: 05 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Pembongkaran dilakukan demi nilai estetika keindahan tata kota.

Pantauan Liputan6.com Rabu (6/11/2019), matahari terik meski tak sepanas Selasa kemarin.

Namun, ketiadaan atap JPO membuat sebagian penyeberang jalan menutup kepalanya dengan tangan. Ada juga yang menghalangi terik matahari ke wajahnya dengan telapak tangan.

Bahkan ada yang menutup kepalanya dengan barang bawaannya.

Beruntung Liputan6.com menggunakan topi pada saat menjajal jembatan tersebut. Selain itu, angin yang berembus siang ini membawa hawa sejuk.

Salah satu penyeberang jalan, Richard mengaku tidak mempermasalahkan pembukaan atap JPO tersebut. Namun, dia khawatir jika sudah memasuki musim penghujan.

"Saya menanggapinya sih positif saja. Panas enggak masalah. Cuma masalahnya saat hujan bagaimana?" ujar dia kepada Liputan6.com.

Terlebih, karyawan di perkantoran di Jalan Sudirman itu sering menggunakan JPO tersebut.

 

(Rizki Putra Aslendra)

Seorang pejalan kaki menutupi kepalanya dengan ember yang dibawa untuk menghindari sengatan matahari saat melewati JPO tanpa atap.

Atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Jalan Sudirman dibuka Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Rizki Putra Aslendra)

JPO tanpa atap di Sudirman ini terletak tepat berada di sebelah Indofood Tower atau dekat Stasiun MRT Sudirman.

Atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Jalan Sudirman dibuka Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Rizki Putra Aslendra)

Atap JPO Sudirman sudah dilepas sejak Selasa 5 November 2019.

Atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Jalan Sudirman dibuka Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Rizki Putra Aslendra)

Pemprov DKI berharap konsep JPO terbuka tersebut akan memberikan kesan baru kepada orang yang menyeberang.

Atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Jalan Sudirman dibuka Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Rizki Putra Aslendra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JPO Tanpa Atap, Koalisi Pejalan Kaki Minta Pemprov DKI Beri Alternatif Kala Hujan

Posted: 05 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Koalisi Pejalan Kaki, Alfred Sitorus meminta pihak Pemprov DKI Jakarta dapat menjelaskan akses mana saja yang dapat dilalui pejalan kaki seiring dicopot nya atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Dia menyebut saat ini musim hujan sudah mulai tiba. Sehingga JPO tanpa atap pasti dipertanyakan oleh sejumlah pihak.

"Pihak Pemprov DKI bisa jelaskan akses-akses mana yang bisa dijadikan penyeberangan di daerah situ ataukah nanti lewat terowongan," kata Alfred saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (6/11/2019).

Dia mencotohkan seperti halnya masyarakat dapat melewati Stasiun MRT bawah tanah terdekat saat musim penghujan. Alfred menilai sebenarnya JPO bukanlah infrastruktur yang layak untuk pejalan kaki.

Sebab kata dia, lokasi yang ramah yakni perlintasan sebidang zebra cross atau pelican crossing. Namun pihaknya menyadari hal itu sulit untuk direalisasikan di Jalan Sudirman-Thamrin.

"JPO itu sangat tidak layak, lebih bagus itu dirobohkan sebenernya," ucapnya.

Terbukanya atap JPO tersebut menurut Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho sudah hampir satu pekan ini.

Hari Nugroho mengatakan, konsep JPO yakni untuk menyeberang orang dari trotoar satu ke trotoar lainnya. Mengingat, kondisi trotoar di Jakarta juga terbuka.

"Kalau hujan otomatis kalau ruang terbuka pasti enggak mungkin nyeberang gitu," ucap dia, Rabu (6/11/2019).

Dia mengatakan, konsep JPO terbuka tersebut untuk memberikan kesan baru kepada orang yang menyeberang. Sebab, pemandangan Jakarta dengan gedung tinggi dan trotoar lebar cukup menarik.

"Jadi orang menyeberang itu bisa punya pengalaman baru lagi pas menyeberang. Enggak hanya nyeberang tapi sambil melihat kiri kanan keindahan Jakarta," kata Hari.

 

Standar JPO

Atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Jalan Sudirman dibuka Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Rizki Putra Aslendra)

Sementara itu, pengamat tata kota, Nirwono Joga mengatakan, sebagaimana fungsinya, JPO sedianya harus memiliki standar yang baik misalnya, konstruksi yang kokoh, ramah bagi lansia, ibu hamil, dan disabilitas, serta terkoneksi dengan trotoar.

"Terbuka atau tertutup atap JPO untuk Jakarta yang panas dan tropis tentu dibutuhkan atap sebagai peneduh JPO, tidak bisa terbuka semua," ujar Nirwono kepada merdeka.com, Jakarta, Rabu (6/11).

Ia menghargai jika tujuan Pemprov mencopot atap JPO Sudirman sebagai bentuk memperindah bangunan itu sendiri, akan tetapi ada upaya lain yang patut dikerjakan ketimbang mencopot atap. Upaya yang dimaksud Nirwono adalah mempublikasikan jumlah serta kondisi JPO.

Ia menyebut ada tiga tingkatan kategori kondisi JPO. Pertama, hijau untuk kondisi JPO yang aman dan layak, kedua, kuning kondisi JPO yang memggambarkan masih cukup baik namun harus segera diperbaiki. Terakhir merah, JPO yang hampir roboh dan mendesak untuk diperbaiki.

Jika klasifikasi itu dilakukan, menurut Nirwono akan berdampak pada penggunaan anggaran secara tepat.

"Dengan keterbatasan anggaran, daripada merevitalisasi JPO yang msh baik atau aman atau layak pakai (beautifikasi/pencitraan), lebih baik diutamakan dana anggaran yang terbatas digunakan untuk memperbaiki JPO yang masuk kategori merah dulu, demi keselamatan pejalan kaki," tamdasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana merevitalisasi 15 jembatan penyeberangan orang (JPO) di sejumlah wilayah Ibu Kota pada 2020. Hari menyebut, JPO yang direvitalisasi tersebut memiliki konsep modern dan menarik. Bahkan rencananya dilengkapi dengan lampu warna-warni.

"JPO yang kita bangun enggak kalah menarik dengan JPO yang ada. Kita bangun seperti di GBK, Bundaran Senayan maupun Polda," katanya di Taman Sepeda Melawai, Jakarta Selatan, Selasa (27/8).

15 jembatan yang akan direvitalisasi tersebut adalah JPO Sugiyono (Masjid Al Abidin), JPO Warung Jati Barat (Pejaten Village), JPO Kyai Caringin (RS Tarakan), JPO Fatmawati (RS Fatmawati), dan JPO Raya Pasar Minggu (FO Tanjung Barat).

Kemudian yakni JPO Lenteng Agung (FO Lenteng Agung-IISIP), JPO Suryopranoto (Petojo Busway), JPO Pos (Pasar Baru), JPO Tubagus Angke (RPTRA Kalijodo), JPO Bintaro Permai (FO Bintaro Permai), JPO KH Mas Mansyur (Muhammadiyah), dan JPO Tubagus Angke (Perdana Kusuma).

Lalu ada JPO Saharjo (Menteng Pulo), JPO Jembatan Dua Raya (Arwana IV) dan Skywalk Halte Velbak–Stasiun Kebayoran Lama. Selanjutanya kata dia, saat ini pihaknya tengah melakukan revitalisasi di JPO Daan Mogot, Jakarta Barat dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Dukung Adanya Wakil Menteri ESDM

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) semlat mengusulkan adanya wakil menteri untuk membantu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam pekerjaannya, khususnya dalam mengembangkan energi baru terbarukan (EBT).

Usulan tersebut didukung oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sugeng Suparwoto, Ketua Komisi VII DPR RI menyatakan, sebenarnya keberadaan wakil menteri merupakan hak pregoratif Presiden.

"Tapi kan energi ini tantangannya banyak, sangat luas cakupannya. Apalagi tantangan ketersediaan dan kemandirian energi itu perlu kerja keras banyak orang. Jadi kalau pun ada (wamen) saya setujulah," ujarnya di Jakarta, Rabu (06/11/2019).

Lanjut Sugeng, sektor energi memang cukup padat sehingga Menteri ESDM dianjurkan memiliki satu wakil menteri. Dia menegaskan, jika memang yang dibutuhkan adalah wakil menteri yang fokus mengurusi EBT, maka sebaiknya dipilih untuk benar-benar menuntaskan persoalan EBT.

"Ini tidak main-main dunia itu. Tadi disinggung Paris Agreement, fokusnya energi dan lingkungan. Zero emisi powerplant khususnya baru bara harus dishutdown," pungkasnya.

Kendati demikian, hal tersebut kembali kepada Presiden. Sugeng menekankan, Komisi VII DPR tidak mendesak untuk pengangkatan wakil menteri.

"Bukan berarti komisi VII desak, bukan. Tapi mendukung adanya wamen ESDM supaya masing-masing ditangani fokus, clear, dan berkelanjutan," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Arifin pun sempat menjawab ketika ditanya soal wakil menteri. Menurutnya, tentu pekerjaan akan lebih ringan jika ada yang membantu.

"Kalau dibantuin (wakil menteri kerja) kan lebih enak,"‎ kata Arifin, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

Jokowi Perintahkan Menteri ESDM Evaluasi Harga Gas

Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin bersiap memperkenalkan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019). 12 Wakil Menteri datang dari berbagai macam latar belakang dengan harapan dapat membantu kerja para menteri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri ESDM Arifin Tasrif untuk mengevaluasi harga gas khususnya bagi industri dalam negeri.

Jokowi mengakui, saat ini harga gas cukup mahal jika dibandingkan negara-negara tetangga. Evaluasi ini dilakukan mulai dari hulu hingga hilir.

"Saya sudah menyampaikan kepada Menteri ESDM kemarin betul-betul harga gas itu dilihat lagi beban-benan mana yang menyebabkan harga itu menjadi sebuah angka yang kalau dilihat oleh industri di negara-negara lain harga kita ini terlalu mahal," kata Jokowi kepada wartawan, Kamis (1/11/2019).

Indikasi awal, Jokowi memperkirakan mahalnya harga gas ini karena mahalnya harga penyambungan pipa dari Dumai hingga ke Pulau Jawa.

Dia mengaku, dari laporan Kementerian ESDM, harga gas di hulu masih dalam taraf normal. Namun jika dilihat di hilir, harag tersebut terlalu mahal.

Tidak hanya itu, demi menurunkan harga gas, Jokowi juga meminta kepada Kementerian ESDM untuk mengutamakan kebutuhan gas dalam negeri sebelum diekspor ke negara tetangga.

"Saya sudah perintahkan kepada Menteri ESDM yang baru agar ini mulai dilihat agar bisa digunakan untuk kepentingan industri-industri dalam negeri agar lebih efisien. Jangan sampai itu dibawa ke luar sehingga harga gas di dalam malah lebih mahal dari yang di luar. Sudah saya pesan kemarin, kemarin pagi," tegas Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Menkes Terawan Ikuti Rapat Komisi IX DPR soal BPJS Kesehatan

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Rabu (6/11/2019), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diundang rapat khusus Komisi IX DPR RI. Pembahasan kali ini akan menyoroti lebih mendalam permasalahan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)--BPJS Kesehatan, baik iuran yang naik maupun sistem pelayanan.

Terkait persiapan apa yang akan dilakukan, Terawan menyampaikan, mendengar masukan dari tim kecil yang sudah dibentuk. Tim kecil ini berfokus menangani masalah BPJS Kesehatan.

"Untuk persiapan rapat, ya belajar dan menerima masukan dari anggota tim kecil yang sudah kami bentuk. Apa saja sih beliau-beliau maunya. Nanti kita cocokan dengan update masalah yang ada," ungkap Terawan usai rapat kerja di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Gedung Nusantara I, Jakarta, malam tadi, Selasa (5/11/2019).

Ketika ditanya, terobosan  apa saja untuk menangani permasalahan BPJS Kesehatan, seperti defisit dan lainnya, Terawan hanya menjawab akan menunggu rapat khusus berlangsung nanti.

"Oh, banyak ide-ide terobosan, besok (hari ini) kami ungkapkan. Memang terobosan harus didengar oleh rakyat dulu. Tapu kali ini perwakilannya, yang mana representatifnya adalah DPR RI," Terawan melanjutkan.

 

Pemerintah Keluarkan Uang yang Besar

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto hadiri rapat Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/11/2019). (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Terawan menambahkan, keputusan menaikkan iuran BPJS Kesehatan, terutama peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) artinya pemerintah menjamin rakyat miskin memeroleh layanan kesehatan secara 'gratis.' Mereka pun tidak mengeluarkan biaya saat berobat ke fasilitas kesehatan.   

"Harus diingat dengan keputusan menaikkan iuran, pemerintah mengeluarkan uang yang besar sekali. Dari PBI saja sudah Rp9,7 triliun. Dalam hal ini ada keberpihakan pemerintah pada orang yang kurang mampu," tambahnya.

"Kan PBI diperuntukkan bagi orang yang kurang mampu."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidup di Negara Miskin, 2 Wanita Pakistan Bunuh Diri

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Islamabad - Kepolisian Pakistan masih menyelidiki kasus bunuh diri yang dilakukan oleh dua perempuan di salah satu area termiskin di bagian selatan Pakistan. 

Jasad dari kedua perempuan yang diidentifikasi bernama Nathu Bai dan Veeru Bai, yang memiliki bayi laki-laki ditemukan di pekarangan tempat mereka tinggal.

Keduanya telah menikah dengan pria yang bekerja sebagai buruh tani di sebuah tanah milik warga lokal di dekat kota Islamkot.

Dilansir dari BBC, Rabu (6/11/2019), hingga kini masih belum jelas apa alasan mereka melakukan bunuh diri. Namun, para aktivis setempat mengatakan bahwa telah terjadi serangkaian kejadian bunuh diri di daerah itu.

Daerah gurun Thar di Pakistan selatan memang kaya akan sumber daya alam namun masih menjadi daerah termiskin di negara tersebut.

Polisi mengatakan mereka masih belum mengetahui motif di balik aksi bunuh diri kedua wanita di desa Kehri.

"Saya pribadi langsung pergi ke situs itu. Tampaknya itu merupakan kejadian bunuh diri, meskipun kami masih menyelidiki alasannya," ujar Kepala Kantor Polisi stempat, Inspektur Kabeer Khan.

"Sangat sulit bagi saya untuk mengatakan mengapa mereka melakukannya. Ini adalah musim panen sehingga kita tidak bisa mengatakan kelaparan bisa menjadi alasan. Tetapi Anda tidak bisa mengesampingkan ketegangan domestik yang disebabkan oleh terlalu banyak bekerja atau kelalaian," tambahnya.

 

Dua Wanita Pelaku Aksi Bunuh Diri

Ilustrasi Foto Bunuh Diri (iStockphoto)

Nathu Bai dan Veeru Bai merupakan perempuan berusia awal 20-an yang telah menikah dengan dua saudara laki-laki, Chaman Kohli dan Pehlaj Kohli.

Putra Veeru Bai saat ini masih berusia satu tahun.

Selama enam bulan terakhir kedua pasangan itu telah tinggal di pertanian agak jauh dari desa untuk membantu memanen tanaman jagung, kata seorang warga.

Ketika penduduk setempat melihat mayat-mayat perempuan itu pada hari Minggu pagi, mereka segera memberi tahu polisi.

Dr Pushpa Ramesh, yang memeriksa jenazah di rumah sakit di Islamkot malam itu, mengatakan kepada BBC bahwa tidak ada cedera atau tanda-tanda trauma pada tubuh yang ditemukan.

"Ibu, saudara laki-laki mereka, dan mertua semuanya ada di sini. Mereka hancur oleh kesedihan," katanya.

Tak Ada yang Tahu Alasannya

Ilustrasi Bunuh Diri (iStockphoto)

Allah Jodio, yang tinggal di lingkungan yang sama dengan Kohlis, mengatakan bahwa ia telah bertanya kepada para suami dari kedua wanita dan ayah mertua mereka tentang apa yang bisa menyebabkan mereka melakukan bunuh diri.

"Tetapi mereka mengatakan tidak ada alasan yang jelas. Tidak ada hal signifikan yang terjadi," katanya.

Jodio yakin ketegangan domestik mungkin berada di balik tragedi itu.

"Anda lihat, orang-orang kami sangat miskin dan sering hidup dari satu makanan ke makanan lainnya. Dan mereka telah bekerja di pertanian selama beberapa bulan terakhir. Ada banyak yang salah dan perlu diperbaiki, jadi pasti ada kemarahan argumen. Keduanya masih muda, dan pasti telah mengambil langkah bencana dalam kemarahan mereka. "

Setidaknya 59 orang telah bunuh diri di wilayah Thar tahun ini, termasuk 38 wanita dan dua anak, sementara sekitar 198 bunuh diri dilaporkan pada tahun 2018, menurut kelompok masyarakat sipil, Aware.Org.

Alasan yang dikutip adalah meningkatnya kemiskinan, dan perpindahan penduduk yang disebabkan oleh proyek pertambangan batubara.

Para aktivis mengatakan ini dan faktor-faktor lain termasuk ketegangan domestik adalah hal biasa.

Situasi menjadi lebih buruk dengan tidak adanya jaringan pengamanan dari pemerintah untuk membantu mereka yang rapuh dan rentan.

Wilayah ini dihuni terutama oleh umat Hindu berkasta rendah, yang merupakan minoritas di Pakistan yang sangat Muslim.

Mereka pada umumnya dipandang rendah oleh pemilik tanah lokal, yang mencakup beberapa orang Hindu kasta atas, dan populasi Muslim yang lebih luas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Melek Teknologi, Purwakarta Dorong Warga Jalankan Desa Cerdas

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Desa Cerdas merupakan program yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam beberapa tahun terakhir. Setiap desa didorong untuk menjalankan program tersebut.

Caranya dengan menyesuaikan diri dengan percepatan teknologi komunikasi masa kini‎. Selain itu dari sisi pemerintah, mengupayakan penyediaan pusat internet di setiap wilayah pedesaan yang tersebar di 17 kecamatan.

Dari data yang ada, sampai saat ini sudah ada 42 desa yang telah memiliki pusat jaringan internet. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Ida Siti Hamidah mengklaim, sejauh ini pihaknya berupaya mendorong supaya wilayah pedesaan bisa menjadi wilayah berbasis teknologi dan informasi.

Menurutnya, memang sudah seharusnya di era digital seperti sekarang ini, wilayah desa melek internet. Adapun tujuan dari program tersebut, tak lain agar segala sesuatu tentang keunggulan dan produtifitas masyarakat desa bisa dilihat melalui dunia maya. Sehingga, ‎produk-produk unggulan ini bisa dipublikasikan ke masyarakat luar.

"Selama ini, kami mendorong supaya jaringan internet bisa masuk hingga ke peloksok desa," ujar Ida saat menerima kunjungan kerja dari sejumlah anggota DPRD Purwakarta di kantornya, Selasa (5/11).

Ida menjelaskan, untuk merealisasikan program ini salah satu hal yang harus disiapkan adalah pemasangan jaringan internet sebagai sarana pendukung utama.

Nantinya, melalui jaringan internet yang memadai semua elemen mulai dari pemerintahan desa, hingga masyarakat harus mampu memanfaakannya menjadi hal yang bermanfaat.

Dalam merealisasikan program ini, pihaknya bekerjasama dengan pihak provider. Pada 2020, pihaknya berharap agar seluruh desa bisa terkoneksi dengan jaringan internet.

"Sampai 2019 ini, sudah ada 42 desa yang terkoneksi internet. Tahun depan, kita juga telah mengusulkan, minimalnya untuk pemasangan jaringan internet di 70 desa. Sehingga total desa yang melek internet menjadi 112 dari 183 desa yang ada," tambah dia.

Adapun anggaran untuk kebutuhan pemasangan jaringan internet di 70 desa tersebut, pihaknya mengusulkan alokasi sekitar Rp3 miliar. Sedangkan, pusat jaringan internet ini, nanti dipasang di beberapa area publik, tempat wisata termasuk di sekitar kantor desa.

Sementara itu, dalam kunjungannya para anggota Komisi I DPRD Purwakarta mengaku, pada dasarnya DPRD memberikan apresiasi atas kinerja Diskominfo Purwakarta yang sudah memberikan pelayan maksimal walaupun masih terkendala dengan berbagai keterbatasan fasilitas yang ada.

"Pada dasarnya, kami dari legislatif akan turut mendorong. Apalagi, program Desa Cerdas Internet ini tujuannya mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Sekretaris Komisi I DPRD Purwakarta, Ceceng Abdul Qodir, mewakili para anggota dewan lain di komisnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus dan Inter Milan Bersaing Ketat di Puncak

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juventus belum tergoyahkan di puncak klasemen Liga Italia. Hingga pekan ke-11, Juventus mengoleksi 29 poin sejauh ini.

Sementara di posisi kedua masih diduduki oleh Inter Milan. Klub asuhan Antonio Conte itu hanya berselisih satu poin dengan Juventus.

Posisi ketiga dan keempat Liga Italia dikuasai oleh klub Ibukota Italia, Lazio dan AS Roma. AS Roma berada di posisi ketiga dengan 22 poin, sementara Lazio hanya berselisih satu poin.

AC Milan masih terjebak di papan bawah sejauh ini. Mereka mengoleksi 13 poin dari 11 laga.

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya:

 

Klasemen Liga Italia

Ilustrasi Logo Serie A
 

 

Jadwal Liga Italia

Berikut jadwal Liga Italia selengkapnya:

Sabtu, 9 November 2019

02.45 WIB, Sassuolo Vs Bologna

21.00 WIB, Brescia Vs Torino

Minggu, 10 November 2019

00.00 WIB, Inter Milan Vs Hellas Verona

02.45 WIB, Napoli Vs Genoa

18.30 WIB, Cagliari Vs Fiorentina

21.00 WIB, Lazio Vs Lecce

21.00 WIB, Sampdoria Vs Atalanta

21.00 WIB, Udinese Vs SPAL

Senin, 11 November 2019

00.00 WIB, Parma Vs Roma

02.45 WIB, Juventus Vs AC Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Lawas Ariel Noah, Foto Kecilnya Curi Perhatian

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nazril Irham atau lebih akrab disapa Ariel memiliki banyak penggemar. Apalagi pada waktu belakangan ini Ariel beberapa kali dalam satu acara bersama dengan seleb-seleb cantik. 

Seperti baru-baru ini bareng Wika Salim acara talkshow. Dalam acara tersebut pun heboh Ariel digoda oleh Wika Salim. Bagi pria berusia 38 tahun ini sampai sekarang memang masih menduda. Namun dalam usianya yang hampir kepala empat. Ariel terlihat awet muda dan nampak tak terlalu banyak perubahan saat ia muda, kecuali gaya rambut.

Beberapa potret Ariel pada masa lalu pun banyak sekali mencuri perhatian. Apalagi potretnya usai bermain hockey yang diunggah di media sosial Instagramnya @arielnoah, Selasa (5/11/2019). Ariel pun disebut sudah ganteng sejak kecil oleh netizen.

Berikut 7 potret lawas Ariel Noah yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Rabu (6/11/2019)

1. Ariel saat masih bocah sudah terlihat ganteng dengan wajahnya yang khas

Ariel Noah (Sumber: Instagram/serba_serbi.djadoel)

2. Ariel Noah saat remaja, ia pun sudah mulai menggunakan gaya rambut belah tengah

Ariel Noah (Sumber: Instagram/serba_serbi.djadoel)

3. Potret lawas saat Ariel usai bermain hockey bersama teman-temannya

Ariel Noah (Sumber: Instagram/arielnoah)

4. Dalam perkembangannya, sosok Ariel sekarang enggak terlalu berbeda jauh saat masih SMA

Ariel Noah (Sumber: Instagram/serba_serbi.djadoel)

5. Ariel saat bermain gitar yang pada waktu itu bersama Uki eks Noah

Ariel Noah (Sumber: Instagram/uki_kautsar)

6. Penampilan Ariel pada tahun 2000-an, saat di sebuah kafe

Ariel Noah (Sumber: Instagram/uki_kautsar)

7. Model rambut Ariel dulu panjang dan belah tengah, namun sekarang sudah ganti dan lebih maskulin

Ariel Noah (Sumber: Kapanlagi)

Nah, kalau yang ini foto terbaru Ariel atau kerap disapa Boril saat naik moge

Selain bermain musik, ternyata Ariel dalam kesehariannya suka bermain game online. Game itu bernama Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) dengan nama akun KUBIGA. Ariel pun sering sekali online di malam menjelang pagi. (Liputan6.com/IG/@ariel_inst)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang Beli Alquran, 2 Santri Dipalak Gerombolan Remaja Mengaku Bonek

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Pati - Dua orang santri asuhan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kayen, Kabupaten Pati, bernama SA (16) dan Rh (16) mengalami luka parah usai nekat melompat dari sebuah truk ketika dipalak sejumlah remaja yang mengaku bonek (Bondho Nekat) istilah untuk pendukung Persebaya.

Kedua santri tersebut melompat dari truk saat berada di jalan Pantura masuk wilayah Desa Jatisari Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah pada Senin, 4 November 2019, siang.

Kapolsek Sluke Iptu Sunandar saat dikonfirmasi menceritakan, kejadiannya bermula saat kedua orang santri tersebut hendak pulang dari Pondok Pesantren Sarang, Kabupaten Rembang usai membeli Alquran di salah satu toko.

Kemudian bermaksud pulang ke Kabupaten Pati dengan menumpang salah satu truk yang melintasi jalur Pantura. Saat perjalanan tiba di wilayah Kragan, kata dia, truk dicegat oleh sekelompok remaja mengatasnamakan bonek dengan maksud hendak menumpang di bak.

"Salah satu dari anak 'bonek' tersebut meminta paksa tas pinggang yang dibawa salah satu korban. Kemudian pelaku lain juga mengambil uang milik korban yang disimpan di saku celana korban senilai Rp170 ribu," kata Iptu Sunandar kepada Liputan6.com, Selasa (5/11/2019).

 

Gerombolan Bonek?

Dua orang santri asuhan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kayen, Kabupaten Pati, mengalami luka parah usai melompat dari truk ketika dipalak bonek. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Dia menyampaikan, karena kedua orang santri tersebut diancam, kemudian mereka nekat melompat dari truk tersebut hingga menyebabkan korban SA mengalami luka robek pada kepala dan patah tulang kaki, sedangkan korban Rh mengalami cedera kaki.

"Korban 1 dan korban 2 sudah meloncat dan akhirnya terjatuh, truk berhenti dan saat berhenti kebetulan ada saksi yang sedang lewat yang selanjutnya menolong korban dan mengamankan para bonek sambil menghubungi Polsek Sluke," terangnya.

Iptu Sunandar menyebut, pelaku yang mengaku bonek jumlahnya ada 16 orang. Kini mereka semua telah diamankan di Mapolres Rembang guna penyidikan lebih lanjut.

Pelaku utama yang diduga menganiaya sekaligus merampas barang kedua santri tersebut ada dua orang. Mereka adalah Mahrus (22) warga Kenjeran, Surabaya, dan RSG (16) warga Driyorejo, Gresik.

"Mereka mengaku memang bonek, hendak berangkat ke Bogor nonton sepak bola," Iptu Sunandar memungkasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sempat Unggul, Inter Milan Keok Disikat Dortmund 2-3

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Inter Milan menyerah pada Borussia Dortmund 2-3 dalam pertandingan lanjutan Grup F Liga Champions di Signal Iduna Park, Jerman (5/11/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Dijauhi Teman Artis Karena Disebut Informan Polisi

Posted: 05 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada pengertengahan September 2019 lalu, artis sensasional Nikita Mirzani melaporkan pengacara Elza Syarief ke Polda Metro dengan kasus dugaan pencemaran nama baik.

Nikita Mirzani tak terima dengan perlakuan Elza Syarief yang menyebut dirinya adalah seorang informan polisi alias cepu, untuk mengungkap kasus narkoba artis.

Karena pernyataan Elza Syarief, Nikita Mirzani mengaku dijauhi oleh teman-teman selebritasnya. Hal ini membuat ibu tiga anak tersebut sangat sedih.

"Ada beberapa orang yang menyingkir, sumpah ada, padahal kan teman. Teman Niki artis terkenal semua tapi enggak ada yang masuk penjara karena narkoba gara-gara Niki," kata dia di Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019).

 

Bukan Informan Polisi

[Foto: Instagram ]

Nikita Mirzani pun harus bersusah payah menjelaskan kepada teman-temannya bahwa pernyataan Elza Syarief tidak benar. Dirinya bukanlah seorang informan polisi.

 

Menjelaskan

Nikita Mirzani (Bambang E. Ros/Bintang.com)

"Kecewa banget apalagi Niki kan juga berusaha jelasin sampai berjam-jam di telepon intinya percaya deh gue enggak begitu. Pada mau pakai apa kek terserah deh, gue enggak ganggu," jelasnya.

 

Akui Dekat Polisi

Nikita Mirzani (Deki Prayoga/Bintang.com)

Memang, Nikita Mirzani dekat dengan beberapa polisi, tapi itu bukan bererti dia adalah cepu. Mantan istri Dipo Latief ini dekat dengan polisi karena ia sering terjerat kasus hukum.

 

Dekat sebagai Pelapor

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Deket karena gue sering dilaporin, gimana sih, di Polda dilaporin di sini (Polres Jakarta Selatan) bukan lagi, banyak banget (laporannya)" ucap dia.

"Jadi deket, deketnya maksudnya lebih ke sebagai pelapor, BAP ke polisi, ya gitu aja sih, enggak lebih, enggak pernah hangout bareng atau apa," Nikita Mirzani mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paket Telkomsel Harga Miring Hadir Mulai Hari Ini, Cek Daftarnya di Sini

Posted: 05 Nov 2019 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Paket Telkomsel yang dibanderol dengan harga miring kembali hadir. Lewat promo Surprise Deal, operator tersebut menawarkan paket data yang dijual lebih terjangkau dari biasanya.

Melihat informasi dari situs resmi Telkomsel, Rabu (6/11/2019), promo ini digelar mulai 6 hingga 7 November 2019. Ada beberapa paket yang ditawarkan Telkomsel dalam promo ini.

Harga paket Telkomsel paling murah dijual dengan harga Rp 60 ribu untuk kuota 8GB. Sementara paket dengan kuota 20GB dapat dibeli dengan harga Rp 125 ribu.

Ada pula paket yang dibanderol dengan harga Rp 130 ribu untuk kuota 30GB dan Rp 170 ribu dengan kuota 50GB. Kuota paling besar 75GB dibanderol Rp 230 ribu.

Seluruh paket Telkomsel itu memiliki masa berlaku 30 hari. Pengguna yang tertarik dapat mengaktifkan paket tersebut dengan mengakses MyTelkomsel atau membelinya melalui LinkAja.

Telkomsel memastikan paket ini berlaku untuk seluruh pelanggan prabayar (Simpati, Kartu AS, Loop) dan pascabayar (KartuHalo).

Namun perlu diingat, penawaran diberikan berbeda-beda pada tiap pelanggan tergantung pemakaian bulan sebelumnya.

Sebagai tambahan, pengguna juga tidak melakukan pembelian melalui panggilan UMB. Karenanya, opsi pembelian promo paket Telkomsel ini hanya dapat dilakukan di kanal yang sudah disebutkan di atas.

Telkomsel Rilis by.U, Layanan Prabayar Digital Perdana di Indonesia

Produk anyar Telkomsel yang diberi nama by.U (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Sebelumnya, Telkomsel baru saja mengumumkan produk baru yang ditujukan khusus gen z yang dikenal tech savvy. Produk yang diberi nama by.U ini diklaim sebagai layanan telekomunikasi prabayar digital pertama di Indonesia.

"Telkomsel saat ini tengah bertransformasi menjadi telco digital company dan hal itu ditunjukkan dengan produk ini. Produk ini hadir untuk menjawab kebutuhan generasi z," ujar Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini saat peluncuran by.U di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Emma menuturkan, produk ini menjawab kebutuhan generasi z yang dikenal ingin bebas mengatur sendiri kebutuhannya. Karenanya, seluruh layanan by.U ditentukan langsung oleh pengguna, mulai dari nomor hingga paket internet.

Memberikan Kebebasan

BTS Telkomsel di desa-desa yang sulit sinyal (Sumber: Dok Telkomsel)

"Saat ini, sebuah produk biasanya ditentukan langsung oleh operator. Namun, by.U memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memilih produk yang diinginkan sesuai kebutuhannya atau customer driven," tuturnya menjelaskan.

Dia pun mengibaratkan layanan by.U mirip dengan pizza. Jadi, pengguna dapat memesan sebuah pizza dengan menentukan adonannya dan menambahkan beragam topping yang sesuai keinginan.

"Topping ini sama dengan layanan add-on yang dapat dibeli dan disesuaikan keinginan pengguna. Jadi, mereka dapat memilih dan menambahkan kuota untuk layanan, seperti YouTube atau Maxstream misalnya," ujarnya lebih lanjut.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: New Delhi Semprotkan Air untuk Atasi Polusi Udara

Posted: 05 Nov 2019 08:51 PM PST

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon untuk mengurangi polusi udara di pinggir jalan New Delhi, Rabu (6/11/2019). Tingkat polusi udara di Ibu Kota India itu kian memburuk, hingga mengancam kesehatan masyarakat. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon untuk mengurangi polusi udara di pinggir jalan New Delhi, Rabu (6/11/2019). Tingkat polusi udara di Ibu Kota India itu kian memburuk, hingga mengancam kesehatan masyarakat. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon di pinggir jalan New Delhi, India, Rabu (6/11/2019). Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk mengurangi polusi udara dengan memerangi akumulasi debu. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon di pinggir jalan New Delhi, India, Rabu (6/11/2019). Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk mengurangi polusi udara dengan memerangi akumulasi debu. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon untuk mengurangi polusi udara di pinggir jalan New Delhi, Rabu (6/11/2019). Tingkat polusi udara di Ibu Kota India itu kian memburuk, hingga mengancam kesehatan masyarakat. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon untuk mengurangi polusi udara di pinggir jalan New Delhi, Rabu (6/11/2019). Tingkat polusi udara di Ibu Kota India itu kian memburuk, hingga mengancam kesehatan masyarakat. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon di pinggir jalan New Delhi, India, Rabu (6/11/2019). Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk mengurangi polusi udara dengan memerangi akumulasi debu. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon di pinggir jalan New Delhi, India, Rabu (6/11/2019). Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk mengurangi polusi udara dengan memerangi akumulasi debu. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon untuk mengurangi polusi udara di pinggir jalan New Delhi, Rabu (6/11/2019). Tingkat polusi udara di Ibu Kota India itu kian memburuk, hingga mengancam kesehatan masyarakat. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

Petugas menyemprotkan air ke pohon-pohon untuk mengurangi polusi udara di pinggir jalan New Delhi, Rabu (6/11/2019). Tingkat polusi udara di Ibu Kota India itu kian memburuk, hingga mengancam kesehatan masyarakat. (Photo by Prakash SINGH / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Fashion Liburan Adinda Thomas, Cantik dan Stylish

Posted: 05 Nov 2019 08:50 PM PST

Begini gaya padu padan cewek berusia 26 tahun saat berlibur ke Los Angeles, California. Dinda lebih suka mengenakan pakaian yang nyaman. Salah satunya kaus panjang polos di mix dengan denim, ditambah sentuhan celana bludru warna gold soft yang eye catching.(Liputan6.com/IG/@adindathomas)

Begini gaya padu padan cewek berusia 26 tahun saat berlibur ke Los Angeles, California. Dinda lebih suka mengenakan pakaian yang nyaman. Salah satunya kaus panjang polos di mix dengan denim, ditambah sentuhan celana bludru warna gold soft yang eye catching.(Liputan6.com/IG/@adindathomas)

Kamu bisa contek inspirasi fashion pemain '99 Nama Cinta' saat traveling ke Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat ini. Tetap memesona dengan sleeveless outer warna hitam dan tambahan sunglasses.(Liputan6.com/IG/@adindathomas)

Kamu bisa contek inspirasi fashion pemain '99 Nama Cinta' saat traveling ke Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat ini. Tetap memesona dengan sleeveless outer warna hitam dan tambahan sunglasses.(Liputan6.com/IG/@adindathomas)

Cewek kelahiran tahun 1993 ini terlihat cantik dengan fashion simple. Begini kerennya, padu padan aktris yang hobi mendaki gunung ini dengan kaos dan kerudung warna senada. Tak Lupa juga sunglasses biar bikin makin hits.(Liputan6.com/IG/@adindathomas)

Cewek kelahiran tahun 1993 ini terlihat cantik dengan fashion simple. Begini kerennya, padu padan aktris yang hobi mendaki gunung ini dengan kaos dan kerudung warna senada. Tak Lupa juga sunglasses biar bikin makin hits.(Liputan6.com/IG/@adindathomas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepanjang 2018 Pemerintah Klaim Berikan Insentif hingga Rp 220 Triliun

Posted: 05 Nov 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, mengklaim sudah memberikan insentif pajak bagi pelaku usaha sepanjang 2018 hingga mencapai ratusan triliun Rupiah. Ini dilakukan sebagai salah satu langkah mendorong iklim investasi di Tanah Air.

"Angka estimasi yang 2018 pemerintah berikan insentif sebesar hampir Rp220 triliun," kata Suahasil dalam acara Indonesia Banking Expo 2019 di Jakarta, Rabu (6/11).

Dari estimasi biaya yang dikeluarkan tersebut, pemerintah telah memberikannya dalam bentuk insentif pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai (PPN) hingga pembebasan bea masuk atau impor barang tertentu.

"Ini estimasi kita dari pembebasan pajak pengahsilan PPN tidak pungut barang impor tidak dikenakan," imbuh dia.

"Sementara kalau tax to GDP ratio 11 persen dan insentifnya 1,5 persen sebetulnya potensi tax to GDP kita bsia 12,5 persen," sambung dia.

Pihaknya berjanji untuk terus berkomitmen memberikan insentif tersebut bagi para pelaku usaha," Secara rutin kemenkeu akan terus keluarkan angka ini supaya jadi pembiacara publik," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Deretan Insentif yang Bisa Didapat Pengguna Kendaraan Listrik

Ilustrasi Mobil Listrik. Kredit: MikesPhotos via Pixabay

Pemerintah mendorong masyarakat menggunakan kendaraan listrik. Untuk mendukung program tersebut, PT PLN (Persero) telah menyediakan insentif untuk pengguna kendaraan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjay) M Ikhsan Asaad mengatakan, bagi pemilik kendaraan listrik, mendapat diskon tarif listrik sebesar 30 persen untuk pengguna listrik pengisian daya kendaraan listrik dari pukul 22.00 sampai 04.00.

"‎Jadi ini kami dorong untuk nge-charge di rumah karena investasi untuk membangun chargingini mahal sekali," kata Ikhsan, di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Untuk mendapat fasilitas diskon tarif tersebut, pengguna kendaraan listrik harus mendaftarkan terlebih dahulu ke PLN, ‎agar PLN bisa meakukan penyesuaian diskon tarif. Diskon tarif listrik untuk pengguna kendaraan listrik berlakuk sejak 1 September 2019 dan belum ditentukan batas waktunya.

PLN juga telah memberikan fasilitas diskon tambah daya mulai dari 220 Volt Ampere (VA) sampai 197 kilo Volt Amper‎e (kVA). Melalui program tersebut, PLN memberikan diskon sebesar 75 persen untuk pemilik motor listrik dan diskon 100 persen untuk pemilik mobil listrik.

‎Diskon tambah daya berlaku 1 Maret 2019-31 Desember 2019. Cara mendaftarnya dengan mengunjungi kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembelian mobil listrik.

Selanjutnya

Pemilik mobil listrik mengetap kartu sebelum melakukan pengisian daya listrik di SPLU di Jakarta, Rabu (29/10/2019). PLN secara serentak meresmikan SPKLU yang tersebar di empat kota, yakni Tangerang, Bali Selatan, Jakarta, dan Bandung dengan tarif sekitar Rp 1640/k. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain PLN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga merencanakan insentif untuk pengguna kendaraan listrik.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendorong masyarakat beralih menggunakan kendaraan berbasis listrik. Pemprov DKI pun akan memberikan kemudahan bagi pemilik mobil dan motor listrik, di antaranya insentif pajak.

"Jadi, kita sedang menyusun ketentuannya untuk memberikan keringanan seringan-seringannya di aspek pajak," ujar Anies.

Dia melanjutkan, selain pajak, insentif lain berupa harga parkir yang murah juga sedang direncanakan.

"Nanti kita akan memberikan diskon yang amat murah sehingga parkir untuk mobil listrik dan motor listrik menjadi sangat murah," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sayangkan Pacul Masih Impor Luar Negeri

Posted: 05 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) memprioritaskan industri dalam negeri daripada barang impor dalam proses produksi. Jokowi pun heran barang-barang yang mampu diproduksi oleh industri kecil dalam negeri, namun justru malah diimpor.

"Misalnya urusan pacul, cangkul, masak masih impor. Apakah tidak bisa didesain industri UKM kita, kamu buat pacul. Tahun depan saya beli. Ini puluhan ribu, ratusan ribu cangkul yang dibutuhkan masih impor," ucap Jokowi dalam pembukaan Rakornas LKPP di JCC Senayan Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi mengatakan bahwa cangkul hanya salah satu barang yang sebenarnya bisa diproduksi, tapi sayangnya malah diimpor. Menurut dia, masih banyak ribuan barang lagi yang juga diimpor.

"Barang lain masih ribuan. Enak banget itu negara yang di mana barang itu kita impor. Kita ini masih defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, masih impor. impor itu enak karena harganya lebih murah," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui bahwa harga barang-barang impor ada yang lebih murah. Namun, apabila pemerintah masih terus menerus impor, ruang untuk menciptakan lapangan kerja akan hilang.

 

Membangun Industri Kecil

Untuk itu, dia menilai pengadaan barang dan jasa seharusnya bisa dimanfaatkan membangun industri-industri kecil yang berkaitan dengan barang. Dia pun meminta LKPP dapat memetakan mana yang dapat diproduksi di dalam negeri dan yang perlu diimpor.

"Saya lebih senang kalau kita beli barang lokal, meski harganya sedikit lebih mahal. Fasilitasi barang-barang yang produk dalam negeri betul-betul secepatnya bisa masuk e-catalog," tutur dia.

"Kalau yang impor langsung stabilo merah saja enggak usah. Lah gimana kita masih senang impor padahal kita defisit neraca perdagangan," sambung Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga meminta agar industri dalam negeri diberikan insentif khusus jika ada produknya yang masuk dalam e-catalogue. Ia juga meminta agar LKPP mempermudah persyaratan agar usaha kecil menengah dapat masuk dalam e-catalog.

"Persulit barang impar impor itu. Impar impor senangnya kita. Setoplah," tegas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reece James Lewati Rekor Robben di Chelsea

Posted: 05 Nov 2019 08:43 PM PST

Jakarta Reece James menorehkan rekor di Chelsea sebagai pemain paling muda yang mencetak gol di ajang Liga Champions. Dia membuat gol kala bertanding menghadapi Ajax Amsterdam, Rabu (6/11/2019) dini hari.

Pemain berusia 19 tahun itu menjadi penyelamat Chelsea pada laga tersebut. Golnya memastikan pertandingan berakhir dengan skor 4-4.

Rekor yang ia bukukan sekaligus menyingkirkan torehan yang sebelumnya dibuat Arjen Robben saat bertanding melawan CSKA Moscow pada November 2004. Robben melakukannya pada usia 20 tahun 284 hari.

Manajer Chelsea, Frank Lampard turut memuji penampilan Reece James. Menurutnya, James memiliki kemampuan untuk menjadi bek kanan modern dengan kualitas mumpuni.

"Reece James adalah pemain muda fantastis. Saya rasa dia akan menjelma menjadi pemain yang lebih spesial lagi karena usianya saja baru menginjak 19 tahun," puji Lampard.

"Dia punya kualitas. Kalau bicara bek modern, salah satu hal yang wajib dimiliki adalah kemampuan membantu serangan. Semoga Reece bisa mewujudkannya," sambung mantan gelandang Chelsea itu.

 

Daftar Lima Pencetak Gol Termuda Chelsea di Liga Champions

  • Reece James (Vs Ajax Amsterdam)19 tahun 332 hari
  • Arjen Robben (Vs CSKA Moscow)20 tahun 284 hari
  • Oscar (Vs Juventus)21 tahun 10 hari
  • Daniel Sturridge (Vs MSK Zilina)21 tahun 14 hari
  • Kurt Zouma (Vs Maccabi Tel Aviv)21 tahun 26 hari

Disadur dari Bola.com (Penulis Gregah Nurikhsani/ Editor Aditya wicaksono, Published 6/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Terhindar dari Penyakit Serius

Posted: 05 Nov 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun pandan untuk kesehatan masih belum banyak diketahui oleh orang. Padahal penggunaan daun pandan dalam kehidupan sehari-hari bisa terbilang cukup sering atau banyak ditemukan.

Si pemilik aroma khas ini banyak digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman guna memberikan aroma dan cita rasa. Tak hanya itu, ternyata manfaat daun pandan untuk kesehatan juga cukup banyak dan beragam.

Selain memiliki aroma yang khas, daun pandan juga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun pandan mengandung berbagai jenis senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Maka tak heran ada banyak manfaat daun pandan untuk kesehatan yang bisa dirasakan jika digunakan secara tepat dan teratur.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum 10 manfaat daun pandan untuk kesehatan dari kanal The Benefits, Rabu (6/11/2019).

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dam Mengatasi Diabetes

tekanan darah tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun pandan untuk kesehatan pertama yang bisa dirasakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ada berbagai macam penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Untuk merasakan manfaatnya, berbagai sumber menyebutkan bahwa mengonsumsi teh pandan dua kali sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara membuat teh pandan cukup mudah.

Kamu hanya perlu merebus 3 gram daun pandan dengan menggunakan dua hingga tiga gelas air. Tunggu sampai air berkurang setengahnya. Setelah jadi, konsumsilah setengah teh pandan setiap pagi hari dan setengahnya lahi di malam hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Konsumsi teh pandan secara teratur untuk mendapatkan manfaat lainnya seperti mencegah penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner.

Mengatasi Diabetes

Apabila kamu telah terdiagnosa memiliki penyakit diabetes, maka kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi daun pandan. Manfaat daun pandan untuk kesehatan ini bisa digunakan sebagai pengganti gula atau pemanis.

Gunakan daun pandan sebagai pengganti pemanis atau gula yang biasanya kamu konsumsi. Daun pandan akan membuat rasanya semakin segar dan gurih.

Menghilangkan Ketombe dan Meredakan Nyeri

Ilustrasi ketombe. (iStockphoto)

Mencegah dan Menghilangkan Ketombe

Manfaat daun pandan untuk kesehatan lainnya adalah mampu untuk mencegah dan menghilangkan ketombe. Ketombe muncul akibat percepatan pertumbuhan dan matinya sel-sel kulit kepala.

Munculnya ketombe juga diperburuk oleh kulit kepala berminyak, stres, penggunaan produk yang tidak sesuai, dan mencuci rambut terlalu sering atau bahkan jarang. Untuk mengatasi masalah kulit kepala ini, kamu bisa memanfaatkan daun pandan.

Menurut Vegeta Fruit, daun pandan baik untuk kulit kepala dan rambut. Kamu bisa menjadikan daun pandan sebagai pengganti shampoo dengan cara menghaluskannya.

Cukup haluskan sepuluh lembar daun pandan kering dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Setelah jadi, gunakan daun pandan yang sudah halus tadi ke bagian kepala dengan cara memijat.

Lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaat daun pandan secara berlebih. Selain menghilangkan ketombe, pasta daun pandan ini juga bisa memberi nutrisi untuk rambut. Jadi, rambut selalu sehat.

Meredakan Nyeri

Daun pandan mengandung sifat pencahat yang dapat bertindak sebagai penghilang rasa sakit kepala, nyeri dada, dan radang sendi. Maka dari itu, kamu dapat merasakan manfaat daun pandan untuk kesehatan sebagai penghilang rasa nyeri.

Untuk menggunakan daun pandan sebagai pereda nyeri, gunakan daun pandan sebagai teh. Konsumsi teh pandan dua kali dalam sehari secara teratur.

Selain meredakan nyeri, manfaat daun pandan lainnya mampu untuk mengurangi kram perut yang berhubungan dengan radang dan infeksi. Sedangkan untuk ibu melahirkan, teh pandan baik untuk membantu pemulihan setelah kelahiran.

Anti Kanker dan Meningkatkan Nafsu Makan

Daun Pandan | via: SEHAT Sukses

Anti Kanker

Menurut penelitian, ekstrak daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Kandungan yang terdapat dalam daun pandan ini memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanker.

Kamu bisa merasakan manfaat daun pandan untuk kesehatan dengan menikmatinya sebagai minuman teh. Konsumsi teh pandan secara teratur dua kali dalam sehari untuk menangkal efek racun dan mengambat perkembangan kanker.

Meningkatkan Nafsu Makan

Menurunnya nafsu makan bisa mengakibatkan masalah kesehatan tubuh. Penyebab nafsu makan menurun salah satunya diakibatkan oleh indera penciuman yang bermasalah.

Untuk meningkatkan nafsu makan, kamu bisa mengonsumsi teh pandan. Bahan alami ini bisa diminum dua kali sehari untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan tentunya meningkatkan nafsu makan.

Mengatasi Insomnia dan Meredakan Demam

Sulit Tidur / Sumber: iStock

Mengatasi Insomnia

Daun pandan mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan efek menenangkan untuk tubuh. Sehingga daun pandan cocok untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia yang sedang kamu derita.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan bisa memberikan efek tenang dan membuat kamu lebih mudah tidur. Untuk mendapatkan manfaat daun pandan, seduh daun pandan dengan air panas. Lalu campurkan dengan satu sendok teh madu. Konsumsilah selagi hangat.

Meredakan Demam

Demam merupakan salah satu gejala yang menandakan tubuh sedang melawan infeksi. Seseorang yang sedang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Untuk mengurangi demam, kamu bisa menggunakan daun pandan. Cara penggunaannya dengan merebus daun panda dan meminum air rebusannya. Setelah itu, panas tubuh akan turun secara perlahan.

Meningkatkan Stamina dan Menghilangkan Sakit di Tubuh

Lemas (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Meningkatkan Stamina

Daun pandan juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar selalu fit dan betenaga sepanjang hari. Untuk merasakan manfaat daun pandan, kamu bisa mengonsumsi rebusan air daun pandan.

Cara membuatnya, cukup rebus hingga mendidih lima lembar daun pandan ke dalam tiga gelas air. Setelah mendidih, angkat dan tunggu hingga dingin. Setelah itu tambahkan air lemon, lalu minumsetiap dua hari sekali.

Menghilangkan Sakit di Tubuh

Lelah setelah seharian melakukan aktivitas membuat tubuh sebagian orang terasa sakit atau pegal-pegal. Untuk meredakan sakitnya, kamu bisa menggunakan manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Bahan yang dibutuhkan untuk meredakan rasa sakit di tubuh adalah 5 lembar daun pandan dan 20 lembar daun serai. Kemudian cuci bersih kedua bahan tersebut dan haluskan keduanya.

Setelah halus, tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan aduk hingga rata. Gunakan racikan tersebut ke area tubuh yang terasa sakit dengan cara menggosokkannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjajal JPO Tak Beratap di Jalan Sudirman Saat Siang Hari

Posted: 05 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat dicopot. Pemprov DKI beralasan, pembongkaran dilakukan agar warga Jakarta bisa melihat keindahan Jakarta.

Liputan6.com menyambangi lokasi JPO yang tepat berada di sebelah Indofood Tower atau dekat Stasiun MRT Sudirman, Rabu (6/11) pukul 10.45 WIB.

Pantauan di JPO, tampak petugas suku dinas bina marga DKI tengah melakukan pemugaran dengan mengecat dan merapikan tanaman yang tumbuh di bibir JPO.

Menyeberang di jembatan tanpa atap saat siang hari, suasana terasa panas. Namun banyak juga warga yang berlalu lalang melintas di jembatan tersebut.

Mengonfirmasi pihak terkait, menurut Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho, mengatakan atap JPO dicopot supaya pejalan kaki dapat merasakan sensasi menyeberang seperti di luar negeri.

Dia berharap, para penyeberang jalan dapat menikmati pemandangan langit Jakarta dengan lebih indah.

"Artinya JPO tidak hanya selalu untuk menyeberang, tapi menikmati pemandangan," kata Hari.

 

Atap Kanopi Dicopot

Warga melintas di JPO Jalan Sudirman yang terbuka, Rabu (6/11/2019). (Liputan6,com/ Rizki Putra Aslendra)

Pemprov DKI Jakarta mencopot atap jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berada di kawasan Jalan Sudirman. Namun, tidak semua atap JPO akan dicopot.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, bila konsep JPO untuk terintegrasi dengan Bus Transjakarta hanya akan direvitalisasi dengan konsep berbeda. Layaknya, JPO Gelora Bung Bung Karno (GBK) yang dilengkapi sejumlah fasilitas menarik.

"Kalau menuju halte kan mau naik bus itu tidak dibuka kanopi nya karena orang mau naik bus konsepnya beda lagi," ucap Hari, Rabu (6/11/2019).

Dia mengatakan, konsep JPO terbuka akan memberikan pengalaman baru untuk para penyeberang. Sebab mereka dapat melihat pemandangan sisi lain dari Jakarta.

"Kita buka selain konsep nya untuk menyeberang agar punya pengalaman baru jadi lihat view pemandangan Jakarta yang sekarang udah bagus," kata Hari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Real Madrid Vs Galatasaray: Misi Menjaga Rekor Sempurna

Posted: 05 Nov 2019 08:35 PM PST

Jakarta- Real Madrid kedatangan klub Turki Galatasaray di Santiago Bernabeu pada matchday 4 Grup A Liga Champions 2019-2020, Kamis (7/11/2019) dinihari WIB.

Real Madrid punya rekor kandang sempurna melawan Galatasaray. Los Blancos tentu ingin mempertahankannya. Di lain pihak, Galatasaray harus mematahkan rekor negatif di Bernabeu jika ingin menjaga kans lolos ke babak 16 besar.

Madrid sempat melalui dua laga pertamanya di grup ini tanpa kemenangan. Madrid kalah 0-3 di markas PSG, kemudian ditahan Club Brugge 2-2. Namun, kemenangan 1-0 di kandang Galatasaray lewat gol tunggal Toni Kroos pada matchday 3 telah menghidupkan peluang pasukan Zinedine Zidane untuk lolos ke babak berikutnya.

Madrid saat ini memiliki 4 poin di peringkat 2, tertinggal 5 poin dari PSG dan unggul 2 poin atas Club Brugge di peringkat 3. Sementara itu, Galatasaray baru memiliki 1 poin di posisi terbawah.

Madrid memenangi ketiga laga kandang sebelumnya melawan Galatasaray, yakni dua kali dengan skor 3-0 dan sekali dengan skor 4-1. Madrid bisa berada di posisi yang bagus untuk lolos jika mampu meneruskan tren tersebut.

Bagi Galatasaray, laga kontrak Real Madrid ini adalah partai yang sangat krusial. Kalah, maka jalan wakil Turki itu ke babak 16 besar akan tertutup rapat.

Komposisi Pemain dan Statistik

Bek Galatasaray, Yuto Nagatomo, berusaha mengirim umpan saat melawan Real Madrid pada laga Liga Champions di Stadion Ali Sami Yen Spor, Istanbul, Selasa (22/10). Galatasaray kalah 0-1 dari Madrid. (AFP/Ozan Kose)

Prakiraan Susunan Pemain 

  • Real Madrid (4-3-3): Courtois; Marcelo, Varane, Ramos, Carvajal; Kroos, Casemiro, Modric; Hazard, Benzema, Rodrygo
  • Pelatih: Zinedine Zidane
  • Galatasaray (3-4-1-2): Muslera; Marcao, Donk, Luyindama; Nagatomo, Seri, Nzonzi, Mariano; Belhanda; Andone, Babel
  • Pelatih: Fatih Terim

Head to Head

  • Pertemuan: 8
  • Madrid menang: 5
  • Gol Madrid: 22
  • Imbang: 0
  • Galatasaray menang: 3
  • Gol Galatasaray: 10

Rekor 8 Pertemuan Terakhir

  • 23-10-2019 Galatasaray 0-1 Madrid (UCL)
  • 27-11-2013 Madrid 4-1 Galatasaray (UCL)
  • 17-09-2013 Galatasaray 1-6 Madrid (UCL)
  • 09-04-2013 Galatasaray 3-2 Madrid (UCL)
  • 03-04-2013 Madrid 3-0 Galatasaray (UCL)
  • 18-04-2001 Madrid 3-0 Galatasaray (UCL)
  • 03-04-2001 Galatasaray 3-2 Madrid (UCL)
  • 25-08-2000 Madrid 1-2 Galatasaray (UEFA Super Cup)

 

Sumber asli: UEFA

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 05/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia, Balapan Penutup Musim Ini

Posted: 05 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP 2019 segera memasuki seri penutup. Balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol menjadi yang terakhir pada MotoGP musim ini.

Balapan MotoGP Valencia akan berlangsung pada 15-17 November 2019. Namun, balapan itu sudah tidak lagi menentukan, karena Marc Marquez sudah memastikan gelar juara dunia tahun ini.

Tapi, Marquez baru saja memecahkan rekor poin Jorge Lorenzo ketika menjadi juara dunia 2010. Marquez sudah mengoleksi 395 poin sejauh ini, sedangkan Lorenzo mendulang 383 poin saat menjadi juara dunia 2010.

The Baby Aliens malah berpeluang menambah lagi pundi-pundi poinnya, karena masih ada balapan MotoGP Valencia. Namun, Sirkuit Ricardo Tormo bukan favorit Marquez, karena dia terakhir menang di Valencia terjadi pada MotoGP 2014.

Musim lalu, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang finis terdepan di MotoGP Valencia 2018. Berikut jadwal MotoGP Valencia, yang merupakan balapan terakhir dalam kalender balap tahun ini.

 

Jadwal MotoGP Valencia Spanyol 2019

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berusaha mengejar Fabio Quartararo, pada MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Minggu (6/10). Pembalap asal Spanyol itu menyudahi balapan 26 lap dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Jumat 15 November 2019

15:00 - 15:40, FP1 Moto3

15:55 - 16:40, FP1 MotoGP

16:55 - 17:35, FP1 Moto2

19:15 - 19:55, FP2 Moto3

20:10 - 20:55, FP2 MotoGP

21:10 - 21:50, FP2 Moto2

Sabtu 16 November 2019

15:00 - 15:40, FP3 Moto3

15:55 - 16:40, FP3 MotoGP

16:55 - 17:35, FP3 Moto2

18:35 - 18:50, Q1 Moto3

19:00 - 19:15, Q2 Moto3

19:30 - 20:00, FP4 MotoGP

20:10 - 20:25, Q1 MotoGP

20:35 - 20:50, Q2 MotoGP

21:05 - 21:20, Q1 Moto2

21:30 - 21:45, Q2 Moto2

Minggu 17 November 2019

14:20 - 14:40, WU Moto3

14:50 - 15:10, WU Moto2

15:20 - 15:40, WU MotoGP

17:00, Race Moto3

18:20, Race Moto2

20:00, Race MotoGP

Klasemen MotoGP

Marc Marquez - Honda - 395 poin

Andrea Dovizioso - Ducati - 256

Maverick Vinales - Yamaha - 201

Alex Rins - Suzuki - 194

Danilo Petrucci - Ducati - 176

Fabio Quartararo - Yamaha - 172

Valentino Rossi - Yamaha - 166

Jack Miller - Ducati - 149

Cal Crutchlow - Honda - 133

Franco Morbidelli - Yamaha - 115

Pol Espargaro - KTM - 94

Joan Mir - Suzuki - 83

Takaaki Nakagami - Honda - 74

Aleix Espargaro - Aprilia - 56

Francesco Bagnaia - Ducati - 54

Andrea Iannone - Aprilia - 43

Miguel Oliveira - KTM - 33

Johann Zarco - Honda - 30

Jorge Lorenzo - Honda - 25

Tito Rabat - Ducati - 18

Stefan Bradl - Honda - 16

Michele Pirro - Ducati - 9

Hafizh Syahrin - KTM - 8

Sylvain Guintoli - Suzuki - 7

Karel Abraham - Ducati - 7

Mika Kallio - KTM - 3

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

24 Tahun Jadi Petugas Pembersih Pesawat, Pria Ini Kini Jadi Pilot

Posted: 05 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pilot menjadi salah satu profesi yang cukup banyak diminati masyarakat. Sebagai profesi yang menuntut keahlian khusus, pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan. Banyak kisah sulitnya ujian untuk menjadi pilot. 

Tapi dengan kerja keras, seseorang bisa menjadi pilot. Seperti kisah Mohammed Abubakar, pria yang berasal dari kota kecil di Nigeria. Tidak banyak yang menyangka ternyata sebelum menjadi Mohammade Abubar dulunya hanya berprofesi sebagai pembersih pesawat.

Ia memang sudah bercita-cita ingin menjadi seorang pilot. Namun setelah lulus sekolah menengah, dirinya tak lolos dalam ujian masuk untuk melanjutkan pendidikan di sekolah khusus penerbangan.

Tak ingin menyerah ia pun akhirnya berhasil menjadi pilot setelah 24 tahun menjadi tukang bersih-bersih pesawat. Kisahnya ini pun viral di media sosial.

Berawal dari Tukang Bersih-bersih Pesawat

Ilustrasi kabin pesawat terbang. (dok. pexels.com/Sourav)

Dilansir dari Elitereaders oleh Liputan6.com, Rabu (6/11/2019) Mohammed Abubakar bekerja di sebuah penerbangan Kabo Air di Kaduna sebagai pembersih pesawat selepas lulus sekolah menengah.

Ia bekerja di Kabo Air saat musim haji tiba. Ia pun dibayar sebesar 200 Naira atau sekitar Rp 7.600 per hari. Selain itu ia juga bekerja sebagai ground staff di penerbangan Maiduguri. Ia bertugas untuk membersihkan semua unit pesawat. Hal itulah yang membuatnya tak asing lagi dengan ruang kokpit pesawat.

Dari pengalamannya selama 8 tahun itu, ia pun diangkat menjadi kru kabin Kabo Air sebagai flight attendant atau pramugara dengan gaji 17.000 Neira atau sekitar Rp 660 ribu per bulan.

Ia pun kemudian pindah ke Aero Contractors untuk mendapatkan pelatihan tentang pelayanann dan beberapa keahlian. Di Aero Constractors Abubakar pun mendapatkan gaji 170.000 Neira atau setara dengan Rp 6,5 juta.

Dapat Lisensi Pilot

Mohammed Abubakar, seorang pilot yang dulunya bekerja sebagai pembersih pesawat selama 24 tahun. (Sumber: Elitereaders)

Mendapatkan gaji sebesar Rp 6,5 juta membuat Abubakar terkejut. Ia pun semakin yakin untuk kembali mencoba masuk ke kelas penerbangan. Pria asal Nigeria ini pun mendapatkan dukungan dari para kru Aero Constractors dan Kabo Air.

Abubakar mendapatkan kesempatan untuk meraih lisensinya di Kanada pada tahun 2018 lalu. Lalu kembali ke Nigeria, ia menjalani pelatihan secara komersial sebagai pilot.

Setelah bekerja selama 8 tahun di Aero Constractors, Abubakar pun pindah ke Azman Air sebagai pilot, profesi yang kini ia lakoni. Kini Abubakar telah menjadi pilot selama 3 tahun setelah 24 tahun bekerja sebagai pembersih pesawat.

Dikutip dari Daily Trust, Abubakar mengaku ia akhirnya mendapatkan impiannya setelah melewati masa-masa sulit.

"Tetapi saya dapat melewati badai itu dan di sinilah saya sekarang," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

31 Rangkaian Kereta LRT Jabodebek Bakal Layani Masyarakat

Posted: 05 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek akan dilayani oleh 31 rangkaian kereta LRT. Saat ini pihak operator LRT tengah mengebut pengoperasian dari transportasi massal tersebut.

"Jika rampung nanti, akan ada 31 rangkaian kereta LRT yang melayani jalur layang Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur," kata Presiden Jokowi melalui akun media sosialnya Twitter @jokowi dan Instagram, dikutip dari Antara, Rabu (6/11/2019). 

Jokowi menyebutkan, satu rangkaian kereta LRT Jabodebek telah dikirim oleh PT Persero Industri Kereta Api (Inka) pada 8 Oktober 2019.

Sebulan kemudian, lanjut Jokowi, yaitu November ini, kereta tersebut menjalani serangkaian uji coba di jalur LRT yang telah membentang di jalur Cibubur-Cawang.

"Inilah moda transportasi terbaru yang akan melayani penumpang di Jakarta dan sekitarnya setelah kereta Moda Raya Terpadu (MRT)," sebut Jokowi.

Unggahan tersebut dilengkapi dengan video tentang pengoperasian LRT dengan durasi hampir satu menit.

Di Twitter, cuitan yang diunggah sekitar pukul 08.56 WIB itu, hingga pukul 10.00 WIB sudah mendapat 1.220 retweet dan 4.669 menyatakan suka.            

Transjakarta dan LRT Jakarta Integrasikan Layanan

Pekerja menderek rangkaian kereta LRT Jabodebek yang baru tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019). Pengiriman prasarana gerbong LRT produksi PT INKA ke Jakarta dilakukan melalui jalur Tol Trans Jawa dan diangkut menggunakan multi-axle. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan PT LRT Jakarta melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk mengintegrasikan kedua moda layanan transportasi umum itu di Halte Integrasi Tosari, Jumat (1/11/2019).

Ini merupakan kerja sama kedua antara Transjakarta dengan LRT (Lintas Rel Terpadu) Jakarta untuk menggabungkan layanan bus dengan kereta.

"Tidak hanya ada integrasi fisik, tapi juga integrasi rute. Rute Transjakarta yang melewati halte ini salah satunya adalah 4A dan 4C yang langsung terhubung dengan Halte Pemuda Rawamangun dengan Stasiun Velodrome LRT Jakarta," kata Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono.

Selain menghubungkan layanan dengan LRT Jakarta, kehadiran Halte Integrasi Tosari juga mempermudah pengguna transportasi umum menuju area Dukuh Atas lebih dekat dengan layanan commuter line di Stasiun Sudirman.

Halte Tosari merupakan halte ketiga sesudah Halte Pemuda Rawamangun dan Halte Bundaran HI yang terintegrasi dengan layanan transportasi lainnya yaitu LRT dan MRT Jakarta.

Kapasitas Halte Tosari yang baru dapat menampung sebanyak 550 penumpang meningkat dua kali lipat dari kapasitas halte yang sebelumnya bernama Tosari ICBC yang hanya mampu memuat 220 penumpang.

Tersedia fasilitas penunjang seperti toilet dan musala yang dapat digunakan oleh penumpang Transjakarta di Halte Integrasi Tosari itu. Penunjuk arah dan rute di Halte Integrasi Tosari terbaru pun sudah bermodel tanda tangan digital (digital signage) sehingga terasa lebih modern. 

Berikut sembilan rute yang dilayani di Halte Tosari:

Rute 1 Blok M-Kota, rute 2 Stasiun Palmerah-Tosari, rute 4A TU Gas-Grogol 2, rute 4C TU Gas-Bundaran Senayan, rute 6B Ragunan-Monas via Semanggi, rute 9B Pinang Ranti-Kota, rute 13C Tosari-Puri Beta, rute B11 Summarecon Bekasi-Tosari, dan S21 Ciputat-Tosari. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sony Akan Banderol PS5 dengan Harga Lebih Murah dari Prediksi?

Posted: 05 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sony sudah mengungkap sejumlah informasi terkait konsol gim barunya, yakni PlayStation 5 (PS5).

Dari kabar tersebut, PS5 akan hadir dengan SSD, loading lebih cepat, hingga sistem haptic feedback di kontroler baru agar pengalaman bermain gim lebih mendalam.

Namun, perusahaan masih bungkam tentang satu informasi penting dan tentunya sudah ditunggu oleh gamer di sejumlah negara, yaitu harga PS5.

Berdasarkan informasi terbaru dari eksekutif Sony, harga PS5 diyakini tidak akan semahal dari yang diprediksi saat ini.

"Kami sedang masuk tahap menganalisa biaya produksi, toleransi harga, dan penetrasi platform PS5 di pasaran," ungkap chief finacial officer, Hiroki Totoki, sebagaimana dilansir Inverse, Rabu (6/11/2019).

Dari ucapan Hiroki, besar kemungkinan Sony ingin meyakinkan gamer setianya untuk upgrade konsol lama mereka dengan menjual PS5 diharga yang menarik.

Sony Daftarkan Paten 5 Seri Konsol PlayStation

Lebih lanjut, Sony baru saja mengajukan paten untuk konsol PlayStation berikutnya. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan langsung mengajukan merek dagang untuk lima seri konsol PlayStation.

Dikutip dari Gamerant, Rabu (30/10/2019), Sony telah mengajukan paten untuk PS6, PS7, PS8, PS9, dan PS10.

Tergantung pada rentang waktu (life cycle) masing-masing generasi konsol dikembangkan, setidaknya paten itu sudah mencakup target Sony hingga 25 tahun ke depannya.

Bakal Garap Platform Gim Berbasis Cloud?

Meski sudah mendaftarkan paten 5 seri PlayStation, bukan berarti Sony akan benar-benar meluncurkan semuanya di masa mendatang.

Berdasarkan tren gim yang ada saat ini, bukan hal yang tidak mungkin Sony akan mengikuti jejak Google dan Microsoft meluncurkan platform streaming gim setelah peluncuran PS5.

So, apakah kamu bakal membeli konsol PS6, PS7, PS8, PS9, dan PS10 saat meluncur di pasaran nanti?

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Aksi 4 Sekawan Pencoleng Bagasi Penumpang di Bandara Soetta

Posted: 05 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Polres Bandara Soekarno-Hatta menangkap komplotan pencuri ponsel genggam yang berada dalam bagasi pesawat. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bandara Soekarno-Hatta, AKP Alexander Yurikho mengatakan, kasus tersebut terjadi pada Jumat (19/7/2019).

Komplotan ini terdiri empat orang, yakni Deni Irawan, Syahrial, Beni Alfiansyah, dan Muhammad Rinaldi. Saat itu, sebuah jasa ekspedisi mengirim 16 koli berisi ponsel genggam.

Ponsel genggam tersebut dikirim dari Jakarta menuju Medan melalui Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat tersebut berangkat di hari yang sama sekitar pukul 13.00 WIB.

Setibanya di Bandara Kualanamu Medan, pihak ekspedisi hanya menerima 15 koli. Artinya, satu koli telah hilang.

"Setelah tiba di gudang kargo Bandara Kualanamu Medan, pihak ekspedisi Medan yang mengurus pengambilan kargo mendapati jumlah kargo hanya sampai 15 koli," kata Alex melalui keterangannya, Rabu (6/11/2019).

Alex mengatakan, satu koli yang hilang berisi empat ponsel genggam. Dirinya menyebut, empat ponsel itu berharga Rp 28 juta.

Setelah dilakukan penyelidikan polisi menangkap dua orang yaitu Deni Irawan dan Syahrial. Kedua orang ini diketahui ternyata merupakan dua pegawai kargo di Bandara Kualanamu.

"Tersangka 1 dan 2 yang bekerja di area kargo Bandara Kualanamu Medan melakukan pencurian terhadap kargo yang dijumpai dengan memasukkan 4 buah hp kedalam tas ransel milik tersangka 1 dan membawa keluar area Bandara kemudian menjual ke pihak lain untuk mendapatkan keuntungan," jelas Alex.

 

Dijerat Pasal Pencurian

Selanjutnya, polisi menangkap keduanya pada 20 Oktober 2019 lalu di Medan. Dari penangkapan tersebut, polisi melakukan pengembangan dan juga berhasil menangkap Beni Alfiansyah dan Muhammad Rinaldi.

Sampai saat ini polisi masih memburu satu orang DPO bernama Rihandi yang berperan memerintahkan tersangka Muhammad Rinaldi untuk menjual tiga unit ponsel genggam.

"Para tersangka dikenakan Pasal 363 ayat 1 ke-4 KUHP dan atau Pasal 480 KUHP. Tersangka terancam hukuman 7 tahun penjara," tutup Alex.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Ungkap Perubahan Iklim Dunia Sudah dalam Tahap Darurat

Posted: 05 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - 11.000 ilmuwan dari seluruh dunia telah meluncurkan hasil penelitian yang mengatakan bahwa dunia ini sedang mengalami masa darurat terkait perubahan iklim atau pemanasan global.

Dilansir dari BBC, Rabu (6/11/2019), dalam studi yang berdasarkan data pengukuran selama 40 tahun terakhir juga menyampaikan bahwa pemerintah telah gagal menangani krisis lingkungan ini. 

Selain itu, studi tersebut juga menyatakan bahwa dunia ini sedang menghadapi penderitaan yang besar.

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk memberi peringatan perihal bahaya yang sedang mengancam.

Dirilis pada hari yang sama ketika data satelit menunjukkan bahwa bulan lalu tercatat sebagai Oktober dengan suhu terhangat, studi baru mengatakan bahwa hanya mengukur suhu permukaan global adalah cara yang tidak memadai untuk menangkap bahaya nyata dari dunia yang dilanda panas berlebih.

Maka dari itu, penulis dari studi tersebut memasukkan serangkaian data yang mereka yakini mewakili serangkaian tanda-tanda vital grafis dari perubahan iklim selama 40 tahun terakhir.

Indikator-indikator ini termasuk pertumbuhan populasi manusia dan hewan, produksi daging per kapita, kehilangan perlidungan dari pohon secara global, serta konsumsi bahan bakar fosil.

Beberapa kemajuan telah terlihat di beberapa bidang. Misalnya, energi terbarukan telah tumbuh secara signifikan, dengan konsumsi angin dan matahari meningkat 373% per dekade. Walaupun begitun angka tersebut masih 28 kali lebih kecil dari penggunaan bahan bakar fosil pada tahun 2018.

Secara keseluruhan, para peneliti mengatakan sebagian besar indikator tanda-tanda vital mereka berada di arah yang salah dan menambah keadaan iklim menjadi semakin darurat.

"Keadaan darurat berarti bahwa jika kita tidak bertindak atau menanggapi dampak perubahan iklim dengan mengurangi emisi karbon kita, mengurangi produksi ternak kita, mengurangi pembukaan lahan dan konsumsi bahan bakar fosil, dampaknya mungkin akan lebih parah daripada yang kita alami saat ini," ujar penulis utama studi, Dr Thomas Newsome, dari University of Sydney.

"Itu bisa berarti ada area di Bumi yang tidak dapat dihuni lagi oleh manusia." tambahnya.

Studi Ini Harapkan Aksi Nyata

Ilustrasi Kebakaran Hutan (iStock)

Studi ini menggemakan banyak peringatan yang telah dilaporkan oleh para ilmuwan termasuk IPCC.

Para penulis bermaksud untuk menyajikan gambaran grafis yang jelas dan sederhana tentang indikator yang lebih luas yang dapat diberikan ke publik dan kepada pemerintah bahwa ancamannya serius sementara responsnya masih buruk.

Perbedaannya adalah dalam menunjukkan bahwa walaupun keadaannya sangat memprihatinkan, tapi masih bisa diperbaiki.

Para peneliti menunjukkan enam bidang di mana langkah-langkah segera harus diambil yang dapat membuat perbedaan besar.

Beberapa saran yang diberikan oleh hasil studi tersebut di antaranya di bidang energi, dimana pemerintah diharapkan dapat meningkatkan harga karbon sehingga dapat mencegah penggunaan bahan bakar fosil yang terlalu banyak. Cara lain yang disarankan adalah menggantikan minyak dan gas dengan energi alternatif yaitu energi terbarukan.

Saran-saran di bidang lainnya juga dituliskan oleh para ilmuwan seperti polutan, alam, kebutuhan pangan hingga populasi.

Harapan Para Ilmuwan

Ilustrasi perubahan iklim (AFP)

Para peneliti merasa muak atas berbagai konferensi iklim dan majelis yang gagal menghasilkan tindakan yang berarti. Namun mereka percaya bahwa gerakan protes secara global yang berkembang akan memberi harapan.

"Kami didorong oleh gelombang kekhawatiran global baru-baru ini, pemerintah mengadopsi kebijakan baru, anak-anak mogok sekolah, proses hukum, dan gerakan masyarakat menuntut perubahan."

"Sebagai ilmuwan, kami mendesak penggunaan luas tanda-tanda vital dan berharap indikator grafis akan lebih memungkinkan pembuat kebijakan dan publik untuk memahami besarnya krisis, menyelaraskan prioritas dan melacak kemajuan," tambah mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahn Joon Young, Producing Director Produce X 101 Dijebloskan ke Tahanan

Posted: 05 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Proses hukum yang membelit Ahn Joon Young soal manipulasi voting Produce X 101,terus bergulir. Dilansir dari Soompi, Rabu (6/11/2019), permohonan penahanan producing director (PD) acara survival show tersebut telah dikabulkan oleh Pengadilan Distrik Seoul Pusat.

Pada Selasa (5/11/2019), Ketua Majelis Hakim Myung Jae Kwon menilai permohonan penahanan ini valid. Alhasil, Ahn Joon Young kini dijebloskan dalam sel tahanan.

"Sebagian besar dari sangkaan kriminal telah dijelaskan, sehingga terlihat bahwa ini adalah isu yang peting. Saat aku mempertimbangkan peran Ahn Joon Young dalam kasus ini berikut penyelidikan polisi yang berlangsung, aku mengakui bahwa penahanan adalah hal yang diperlukan dan masuk akal," tutur sang hakim.

Tak hanya Ahn Joon Young, produser utama atau chief producer (CP) Produce X 101, Kim Yong Bum, juga ditahan dengan alasan serupa.

Seperti diketahui, permohonan penahanan sebelum proses pengadilan ini dilakukan dalam masa investigasi oleh polisi. Tujuannya, memastikan agar tersangka tidak berupaya menghancurkan barang bukti, kabur ke luar negeri, atau membuat masalah lain.

Kim dan Lee

Produce X 101 (Instagram/ produce_x_101)

Selain kedua orang ini, polisi sebenarnya juga meminta dua orang lainnya ditahan. Yakni seorang produser dengan nama "Lee", dan Vice President Starship Entertainment bermarga "Kim".

Namun atas sejumlah pertimbangan, hakim memutuskan belum perlu melakukan penahanan atas Kim dan Lee.

Rusak Barang Bukti

Produce X 101 (Sumber Mnet)

Sementara itu tayangan berita 8 O'Clock News mengabarkan sejumlah temuan tentang Ahn Joon Young. Ia disebut sempat berupaya untuk merusak barang bukti seperti pesan di ponsel dan materi lainnya.

 

Layanan Dewasa

Ia juga disebutkan menerima layanan esek-esek, oleh sebuah agensi idol.

"Telah dikonfirmasi bahwa Ahn Joon Young ditraktir di layanan hiburan untuk dewasa hingga jutaan won oleh perwakilan dan agensi hiburan. Polisi menggeledah pusat hiburan dewasa ini pada bulan lalu untuk mendapat barang bukti yang relevan," begitu isi laporan acara di SBS ini.

Identitas Agensi

Hanya saja tidak disebutkan identitas agensi yang memberikan gratifikasi ini kepada Ahn Joon Young.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 4 Hari Kerja, Produktivitas Karyawan Microsoft Jepang Meningkat

Posted: 05 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Microsoft Jepang memberikan tantangan kepada seluruh karyawannya untuk bekerja hanya 4 hari dalam seminggu. Dan hasil eksperimen tersebut menunjukkan hampir 40 persen pekerjanya memberikan peningkatan produktivitas bekerja yang baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

susilowati mengatakan...

Data pribadi
negara Indonesia
Nama: Susilowati efi
Alamat: jl.kincir 2 no.20 rt 8 rw 6
Telepon: +6282385590743
WhatsApp: +6282385590743
e_mail: susilowatinov79@gmail.com
Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 800 juta dari Perusahaan Pinjaman rossa stanley dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat kegembiraan saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda rossa stanley bukan pemberi pinjaman yang curang. Ia memiliki memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelum saya memohon ibu saya bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerah 2,8 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Central Asia saya mudah dicapai. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Mrs. rossa dan tim Manajemen rossastanleyloancompany@gmail.com telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman rossastanleyloan hari ini
e_mail: [rossastanleyloancompany@gmail.com]

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.