Sabtu, 16 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Posted: 16 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenis penyakit kulit bisa dibagi berdasarkan penyebabnya. Berbagai jenis penyakit kulit tersebut bisa menimbulkan akibat yang ringan atau tidak berbahaya, namun ada juga yang bisa mengakibatkan masalah yang berbahaya bahkan mengancam nyawa. 

Sebagai organ penting yang bertugas untuk melindungi bagian dalam tubuh dari dunia luar seperti virus, bakteri, dan mengatur perubahan suhu, kulit rentan terkena penyakit. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena infeksi, peradanagan, hingga gangguan autoimun.

Jenis penyakit kulit perlu dikenali agar kamu bisa mengambil tindakan yang sesuai dengan kondisi. Kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit di rumah dengan menggunakan berbagai bahan alami. Walaupun begitu, kamu tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/11/2019) tentang jenis penyakit kulit

Kanker Kulit (Disebabkan Pertumbuhan Sel Ganas di Kulit)

Kanker kulit mempunyai sejumlah jenis  (Foto: Unsplash/ Kamila Maciejewska)

Kanker kulit merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang mematikan. Kanker kulit disebabkan oleh pertumbuhan sel ganas di kulit. Ada beberapa jenis kanker kulit, yaitu melanoma, aktinik keratosis, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa.

Kanker kulit merupakan salah satu kondisi yang dapat timbul akibat paparan sinar matahari terhadap kulit yang tidak terlindungi dengan baik dalam jangka waktu lama.

Ciri-ciri kamu mengalami jenis penyakit kulit ini ditandai dengan adanya tahi lalat pada kulit yang mengalami perubahan warna, elevasi, bentuk, ukuran, dan lain-lain. Selain itu, adanya tahi lalat yang berdarah juga perlu diwaspadai.

Penyakit Kulit yang Disebabkan Infeksi

Infeksi Jamur di Kulit (NamtipStudio/Shutterstock)

Jenis penyakit kulit selanjutnya adalah yang disebabkan oleh infeksi. Biasanya penyakit kulit akibat infeksi ini umumnya menular, dan bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

1. Infeksi Bakteri

Contoh penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri di antaranya adalah bisul, impetigo, kusta, folikulitis, hingga selulitis.

2. Infeksi Virus

Cacar, herpes zoster atau cacar ular, kutil, molluscum contagiosum, dan campak merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus.

3. Infeksi Jamur

Jenis penyakit kulit karena infeksi jamur contohnya adalah kurap, tinea cruris (infeksi jamur di selangkangan), panu, dan kutu air (infeksi jamur pada kaki). Biasanya infeksi jamur terjadi pada bagian kulit yang lembap.

4. Infeksi Parasit

Infeksi parasit seperti kutu, tungau dan cacing dapat menyebabkan penyakit kulit. Misalnya kamu bisa terkena kudis karena terinfeksi kutu dan tungau yang merupakan parasit.

Penyakit Kulit yang Disebabkan Gangguan Autoimun

Penyakit Psoriasis (Sumber: iStockphoto)

Jenis penyakit kulit selanjutnya dapat disebabkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.

Berikut beberapa jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan autoimun:

1. Psoriasis

Contoh pertama penyakit kulit yang disebabkan gangguan autoimun adalah psoriasis. Jenis penyakit kulit ini merupakan kondisi di mana sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat, sehingga menumpuk dan membentuk bercak kemerahan disertai sisik berwarna perak.

2. Vitiligo

Selanjutnya ada Vitiligo yang terjadi ketika sel kulit yang memproduksi melanin (pigmen berwarna gelap) tidak berfungsi. Akibatnya, kulit kehilangan warnanya dan muncul bercak-bercak putih. Vitiligo bisa diderita oleh semua jenis kulit, namun akan terlihat lebih jelas pada orang yang berkulit gelap.

3. Pemfigus

Jenis penyakit kulit yang disebabkan gangguan autoimun selanjutnya adalah Pemfigus. Terdapat dua macam pemfigus, yaitu pemfigus vulgaris dan pemfigus foliaceus. Pemfigus vulgaris ditandai dengan lepuhan yang mudah pecah namun tidak gatal.

Sedangkan pemfigus foliaceus ditandai dengan kulit bersisik atau berkerak, dan lepuhan kecil yang terasa gatal jika pecah.

4. Discoid lupus erythematosus

Ini merupakan penyakit lupus yang menyerang kulit. Gejala discoid lupus erythematosus meliputi ruam parah yang cenderung memburuk saat terkena sinar matahari. Ruam dapat muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering muncul di kulit kepala, wajah, leher, tangan, dan kaki.

Penyakit Kulit yang Disebabkan Peradangan

Eksim (sumber: iStockphoto)

Jenis penyakit kulit selanjutnya disebabkan oleh peradangan. Peradangan atau dikenal juga dengan dermatitis terjadi ketika kulit bersentuhan dengan bahan yang bersifat iritatif atau dengan alergen (zat atau benda yang menyebabkan reaksi alergi). Gejala peradangan pada kulit ini biasanya berupa gatal, kemerahan, dan bengkak.

Berdasarkan penyebabnya, ada beberapa jenis dermatitis atau peradangan pada kulit, yaitu:

1. Dermatitis Atopik (eksim)

Dermatitis Atopik atau Eksim ditandai dengan kulit merah, gatal, kering, atau bersisik. Keluhan ini sering muncul pada kulit di bagian leher, lipatan siku, atau bagian belakang lutut. Jika digaruk, kulit bersisik bisa mengelupas mengeluarkan cairan. Penyakit kulit jangka panjang (kronis) yang biasanya dimulai saat bayi ini, sering kambuh secara tiba-tiba dan kemudian mereda.

2. Dermatitis Kontak Iritan

Dermatitis kontak iritan termasuk penyakit kulit yang paling sering terjadi. Penyakit kulit ini ditandai dengan munculnya ruam, kulit kering, iritasi, atau bahkan luka lepuh pada area kulit yang bersentuhan dengan zat iritan. Beberapa contoh zat iritan adalah bahan kimia, pemutih baju, deterjen, alkohol, dan sabun mandi.

3. Dermatitis Kontak Alergi

Gejala dermatitis kontak alergi, seperti kemerahan dan bengkak, muncul ketika kulit bersentuhan dengan alergen. Alergen dapat berupa bahan kimia, kosmetik, cat kuku, sarung tangan lateks, protein, atau perhiasan.

Pada orang normal, bersentuhan dengan alergen tersebut tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Namun pada penderita alergi, bersentuhan dengan alergen akan menimbulkan gejala dermatitis.

4. Dermatitis Seboroik

Penyakit kulit ini biasanya mengenai area tubuh yang berminyak, seperti wajah, punggung, dan dada. Gejalanya berupa kulit kemerahan dan bersisik. Jika mengenai kulit kepala, dermatitis seboroik menyebabkan ketombe yang membandel.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit dengan Bahan Alami

Cuka Apel | unsplash.com

Selain mengetahui jenis penyakit kulit berdasarkan penyebabnya, tentunya kamu juga perlu mengenali cara mengatasinya dengan mudah. berikut beberapa cara mengatasi penyakit kulit dengan bahan alami:

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung manfaat yang dapat membunuh jamur dan melindungi kulit dari infeksi jamur. Gunakan ekstra virgin untuk mengatasi masalah jamur ini. Oleskan minyak kelapa alami ke bagian kulit yang berjamur, ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai jamur benar-benar hilang.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat antimikroba. Hal itu membuat cuka apel ampuh mengatasi jamur-jamur yang dapat menyebabkan infeksi. Sifat asam yang dimiliki cuka apel juga bagus untuk membantu mencegah penyebaran infeksi dan memulihkan infeksi dengan cepat.

Caranya, kamu bisa meminum air campuran cuka apel atau mengoleskannya pada daerah tubuh yang ditumbuhi jamur.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit dengan Bahan Alami Lainnya

Bawang putih (Foto: iStockphoto)

Bawang Putih

Sifat antibakteri dan antibiotik pada bawang putih berperan dalam proses penyembuhan infeksi jamur pada kulit. Untuk mengatasi jamur pada kulit dengan bawang putih, kamu bisa menghaluskan beberapa suing bawang putih, lalu campur dengan minyak zaitun.

Selanjutnya, oleskan, bilas dan jangan lupa keringkan. Atau, kamu bisa mengonsumsi bawang putih sebagai pengobatan dari dalam tubuh.

Plain Yoghurt

Kandungan probiotik pada plain yogurt dapat mencegah pertumbuhan jamur pada kulit. Untuk mengobatinya, oleskan plain yogurt menggunakan kapas ke permukaan kulit yang terkena jamur. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas menggunakan air hangat dan keringkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kentang Goreng Belgia, dari Mengapa Lebih Enak sampai Tradisi di Baliknya

Posted: 16 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - "Cita rasa, simbol kebahagiaan, dan erat hubungannya dengan kebersamaan," kata President of World Potato Congress (WPC) Inc. Romain Cools mendeskripsikan kentang goreng Belgia secara singkat saat sesi one on one interview dengan Liputan6.com di kawasan Kemayoran, Jakarta, Jumat, 15 November 2019.

Makanan yang sudah jadi bagian keseharian warga Belgia ini, kata Romain, dilanda sedikit salah paham. Penggunaan nama french fries membuat tak sedikit orang mengira kentang goreng berasal dari Pranics

"Padahal, french fries pertama kali dibuat di Belgia tahu 1876. French merupakan sebutan orang Belgia untuk potongan panjang dalam ukuran lebih kecil, sebagaimana kami memotong kentang goreng sebelum dimasak," jelas lelaki yang sudah berkecimpung di bisnis kentang sejak 30 tahun lalu tersebut.

Kendati, Romain menambahkan, di masyarakat Belgia, nama french yang kemudian lekat dengan kentang goreng punya banyak versi soal asal-muasalnya. "Tapi, salah satu yang bisa dikatakan valid adalah mengarah ke bentuk potongan kentang itu tadi," sambungnya.

Sebagai importir kentang terbesar kedua di Indonesia, Romain menjelaskan, kentang goresng asli Belgia punya karakter terbeda. Air, kondisi tanah, dan pengolahannya membuat kentang secara alamiah punya rasa lebih kaya.

"Ditambah potongan kentang goreng asli Belgia lebih besar dari kebanyakan kentang goreng Amerika yang sudah sangat populer dengan karakter potongan panjang dan kecil-kecil, kentang goreng punya cita rasa kian kaya," paparnya.

Tradisi Belgia yang Lekat dengan Kentang Goreng

Presiden World Potato Congress (WPC) Inc. Romain Cools di SIAL InterFOOD 2019 JIExpo Kemayoran, Jakarta, 15 November 2019. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Bagi publik Belgia, kentang goreng tak semata dipandang sebagai sajian pengenyang perut. Romain bercerita ada tradisi dan nilai yang dibawa dalam keseharian negara dengan dua bahasa tersebut.

"Ketang goreng yang makin populer membuat banyak bermunculan booth penjajanya, bahkan di desa-desa kecil sekalipun," tuturnya. Di antara berbagai perbedaan, kentang goreng dikatakan Romain sebagai salah satu pemersatu masyakarat Belgia.

"Anda sangat mungkin akan bertemu dengan walikota, pemain sepak bola terkenal, atau bahkan perdana meteri saat mengantre untuk mendapatkan satu atau dua porsi kentang goreng. Tidak ada kelas sosial di sana," imbuhnya.

Romain mengatakan, kentang goreng, kendati begitu lekat, bukanlah makananan yang sebenarnya dimakan setiap hari oleh penduduk Belgia. Sajian satu ini identik dengan perayaan dan festival. "Makanya saya kaitkan dengan kesenangan," sambung Romain.

Kareanya, saat nama french fires yang bisa membuat salah persepsi hendak dipatenkan, sejumlah pihak menolak. Kampanye pengenalan nama belgian fries pun digaungkan.

"Bersama produk ini, kami ingin berbagi tradisi, sesuatu yang benar-benar kami miliki pada dunia. Kami juga mau orang Indonesia sesekali menikmati kentang goreng Belgia, sebagaimana sesekali kami memakan makanan Indonesia," kata Romain.

Diplomasi Kentang Goreng Belgia

Konferensi pers Belgium Fries di SIAL InterFOOD JIExpo Kemayoran, Jakarta, 15 November 2019. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Di samping menceritakan tradisi di balik kentang goreng Belgia, promosi produk satu ini juga jadi medium untuk menyambut ulang tahun ke-70 hubungan bilateral antara Belgia dan Indonesia.

"Iya (diplomasi lewat kentang goreng). Karena bicara tentang makanan Belgia, orang akan bilang cokelat, waffle, bahkan bir. Tapi, kami punya lebih dari itu," kata Romain.

Karenanya, saat berpartisipasi di pameran SIAL InterFOOD 2019, mereka memboyong lima supplier kentang goreng Belgia terbesar, yaitu: Agristo, Bart's Potato Company, Clarebout Potatoes, Ecofrost, dan Mydibel.

Kelimanya merupakan perusahaan keluarga yang telah mengirim produk kentang mereka ke lebih dari 100 negara di dunia dan sudah mengantongi sertifikat halal.

"Partisipasi ini kami anggap seagai simbol hubungan baik antara Belgia dan Indonesia," kata Flemish Economic Representative Marc Devriendt saat konferensi pers di Kemayoran, Jakarta, Jumat, 15 Noember 2019.

Indonesia sendiri merupakan pasar ketiga produk kentang beku asli Belgia di Asia Tenggara. Kecintaan masyarakat Indoensia pada makanan dengan cita rasa tinggi membuat pihak Belgia yakin produk ini bisa berkembang.

"Apalagi, ke depan keamanan makanan dari Eropa akan makin. Semua perusahaan harus mengikuti regulasi. Aturan ini kami harap bisa memberi ketenangan lebih saat konsumen asal Indonesia mengonsumsi kentang goreng asli Belgia," ujar Romain.

Kendat memanfaatkan teknologi super canggih dalam produksi kentang, seperti pemantauan lewat satelit, Romain menambahkan, pihaknya terus mencari alternatif bahan-bahan lebh alami. "Kami sendiri sudah tidak pakai pestisida," tuturnya.

Frietkot atau budaya kedai kentang goreng sendiri sudah diakui sebagai kekayaan budaya takbenda.

Pangeran Kerajaan Belgia Prince Laurent menunjuk Mr. James Bint sebagai duta besar kentang goreng Belgia, seorang figur yang digambarkan sebagai seorang yang memiliki lisensi untuk menggoreng kentang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suara Cit Dul Jadi Saksi Toleransi Mahasiswa Papua di Surabaya

Posted: 16 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Suara Cit Cit, Dul Dul, oper sini kakak, terdengar ramai di lapangan Futsal Baskhara Surabaya, Sabtu malam, 16 November 2019.

Senggolan dan benturan hingga terjatuh, tidak membuat suasana menjadi ricuh. Mahasiswa asal Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Surabaya ini tetap menunjukan sportivitas serta toleransinya. Para mahasiswa ini menggelar kompetisi futsal anak bangsa untuk memperingati Hari Toleransi Internasional, 16 November 2019, di Surabaya, Jawa Timur. 

Mengusung tema Katong Semua Bersaudara, kegiatan yang bertujuan untuk menghilangkan  perbedaan dalam kehidupan bertoleransi ini, sangat menjunjung tinggi sportivitas, semangat yang selalu dilakukan di dunia olahraga, khususnya futsal.

"Saudara-saudara kita di Indonesia kawasan timur, seperti dari Papua, NTT, dan Maluku sangat suka olahraga. Terutama sepakbola atau futsal. Tiada akhir pekan tanpa aktivitas futsal," tutur Donatus, mahasiswa Untag semester V Teknik Mesin asal Adonara, NTT tersebut.

"Oleh karena itu, kita ajak mahasiswa yang kuliah di Surabaya mencoba mengusung semangat hari toleransi itu dengan menggelar kompetisi futsal," ia menambahkan. 

Don, panggilan karibnya, mengatakan, sebelumnya empat bulan sekali biasa ada turnamen tim-tim mahasiswa dari Flores, Adonara, Jawa, Papua. 

"Juga ada pekerja yang berdomisili di Surabaya juga ada ikut bergabung. Asal kami beraktivitas bersama di lapangan futsal jadi momen untuk mengakrabkan komunikasi," ujar dia.

Dia menyebutkan, laga home Persebaya jadi salah satu momen untuk nongkrong bareng mahasiswa perantauan. Tribun selatan Gelora Bung Tomo Surabaya bahkan menjadi lokasi identik mendukung bersama-sama tim yang diperkuat banyak talenta pemain asal Papua.

Hari Toleransi Internasional, Ada Rumah Ibadah 6 Agama Berdampingan di Surabaya

Tempat ibadah di komplek perumahan di Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, setiap tahun, 16 November diperingati sebagai Hari Toleransi Internasional. Peringatan ini sudah berlaku sejak 23 tahun lalu.

Melansir dari laman UN.org, peringatan ini dimulai sejak 1996. Kala itu, Majelis Umum PBB mengundang semua negara yang menjadi anggota PBB untuk merayakan Hari Toleransi Internasional setiap 16 November. 

Deklarasi hari toleransi ini dibuat sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap beragam budaya di dunia. Hal ini karena, keragaman agama, bahasa, budaya, dan etnis dunia bukan dijadikan dalih untuk konflik, melainkan sebagai pelengkap yang memperkaya setiap manusia. 

Salah satu bentuk toleransi di Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur adalah berdirinya rumah ibadah dari 6 agama yang berbeda. Rumah ibadah tersebut terletak di perumahan Royal Residence Surabaya. 

Dalam perumahan elit yang ada di Jalan Raya Wiyung tersebut berjejer rapi rumah ibadah dari agama yang beragam. Mulai dari Gereja Katolik, Gereja Kristen, Masjid Muhajirin dan Vihara, Klenteng, Pura yang masih dalam tahap pembangunan. 

Awal dibangunnya berbagai rumah ibadah ini bermula dari keresahan warga perumahan yang tidak memiliki fasilitas tempat beribadah. Beberapa warga ingin adanya tempat ibadah umum di kawasan perumahan di Surabaya tersebut. 

Akhirnya setelah disepakati beberapa pihak dibangunlah rumah ibadah 6 kepercayaan itu. Untuk pendanaan bangunan, dilakukan secara swadaya dengan cara warga dari perwakilan agama masing-masing mencari sumbangan. 

Selain tempat ibadah, warga di sana juga ingin membuat organisasi untuk wadah semua umat beragama di komplek perumahan tersebut. Oleh karena itu, tercetuslah ide membuat Forum Komunikasi Rumah Ibadah (FKRI). 

Dari organisasi tersebut, para pemeluk agama dapat menjadwalkan kegiatan rutin atau khusus agar tidak bertabrakan. Selain itu, melalui FKRI juga disepakati hal-hal yang berkaitan semua agama, seperti lapangan parkir.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Cari Cara Tendang Pemain Jelang Bursa Transfer Januari

Posted: 16 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - AC Milan sedang mempersiapkan untuk menghadapi jendela transfer Januari. Selain ingin memperkuat skuat, Rossoneri juga akan mencari cara untuk menyingkirkan beberapa pemain.

Dilansir dari MilanNews.it, manajemen AC Milan telah memilih pemain mana yang cenderung akan meninggalkan klub pada Januari nanti. Ini dilakukan mengingat diperlukan beberapa penandatanganan agar uang datang dari suatu tempat [klub]. 

Di lini belakang, mungkin ada revolusi full-back yang akan dilakukan AC Milan. Calabria dan Rodriguez telah dikaitkan dengan tim lain, karena keduanya masih harus berjuang keras untuk tampil di awal musim.

Karena itu, karier mereka dapat berakhir di pasar, karena Milan telah menetapkan pandangan mereka pada Mehmet Zeki Celik, bek berusia 22 tahun asal Turki yang kini memperkuat Lillesebagai pengganti potensial. 

Laporan lain Franck Kessie juga bisa meninggalkan AC Milan, sebagai akibat dari masalah perilakunya. Petualangannya bersama Rossoneri tampaknya telah berakhir, dan Wolves mungkin akan melakukan upaya baru untuk gelandang Pantai Gading itu.

Kemungkinan Dipinjam

Striker AC Milan, Krzysztof Piatek, memperhatikan rekannya saat melawan Empoli pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Jumat (22/2). Milan menang 3-0 atas Empoli. (AFP/Marco Bertorello)

Di lini depan, Borini juga bisa keluar. Pemain asal Italia itu belum banyak bermain di awal musim ini dan Torino tertarik untuk merekrutnya.

Jika datang tawaran yang baik, maka Borini pasti bisa dijual. Ada juga laporan tentang kemungkinan peminjaman untuk Krzysztof Piatek, seperti yang dilaporkan oleh Gazzetta Dello Sport.

Ingin Gabung Real Madrid

Sebelumnya, dilaporkan Piatek sangat ingin bergabung dengan Real Madrid. Bahkan, Piatek bersedia menjadi pilihan kedua setelah striker nomor satu Karim Benzema di Bernabeu.

Menurut laporan media di Spanyol, Piatek menyesal tidak bergabung dengan Real Madrid ketika ia ditawari kesempatan gabung pada Januari lalu. Karenanya, kini ia berharap bisa kesempatan lain untuk pindah ke Bernabeu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karnaval SCTV Bikin Meriah Subang Akhir Pekan Ini

Posted: 16 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Karnaval SCTV 2019 terus menyambangi pemirsa di sejumlah kota di Tanah Air. AKhir pekan ini giliran warga Subang dan sekitarnya yang dihibur langsung dengan beragam acara. Ada sederet musisi hingga bintang-bintang sinetron unggulan SCTV yang menjadi pengisi acara.

Panggung hiburan Karnaval SCTV digelar di Alun-Alun Kabupaten Subang. SCTV penyiarkan secara live acara tersebut pada hari Sabtu, 16 November 2019 hingga hari Minggu, 17 November 2019.

Siapa saja artis idola yang akan manggung? Mereka adalah Dadali, Jigo Band, Aldi Maldini, serta Fitri Carlina yang memeriahkan Karnaval SCTV di hari Sabtu tepat pukul 14.30 WIB. Sementara Five Minute, Gamma1, Wahyu Selow, Cita Citata, hingga Denny Darko menyapa warga Subang dan sekitarnya di panggung Karnaval SCTV pada hari Minggu pagi pukul 07.00 WIB.

Kemeriahan masih terus berlanjut di sore hari pukul 14.30 WIB SCTV akan menghadirkan langsung Dul Jaelani, Utopia, dan 2Racun. Sementara Boy William, Yuki Kato, dan Fero Walandouw akan hadir memandu Karnaval SCTV sejak hari Sabtu hingga Minggu untuk menyapa seluruh warga Subang dan sekitarnya.

Artis-Artis Top

Karnaval SCTV di Alun-Alun Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (29/6/2019)

Dalam siaran pers yang diterima redaksi dijelaskan SCTV juga akan menghadirkan sederet bintang sinetron unggulan SCTV dalam acara itu. Ada Gerald Yo, Angga Putra, Philip Demay, Esta Pramanita, Radja Nasution, Rizky Billar, Reynald Ramadhan, Sabrina, Rangga Azof, Mischa Chandrawinata, Angela Gilsha, serta Haico Van Der Veken yang hadir di Karnaval SCTV di Kota Subang.

Sweet 20

Film Sweet 20 (Foto: Starvision)

Berbagai rangkaian kemeriahan dimulai sejak hari Sabtu pagi dengan lomba senam aerobik, lomba mewarnai, serta aneka lomba rakyat lainnya yang bertabur hadiah menarik. Sementara di sore harinya pengisi acara Karnaval SCTV akan keliling kota Subang dalam Pawai Artis. Kemeriahan masih terus dihadirkan SCTV hingga ke malam harinya.

Warga Subang dapat kembali menonton film box office Indonesia Sweet 20 yang akan diputar oleh SCTV. Seluruh rangkaian kegiatan Karnaval SCTV baik offair maupun on-air tidak dipungut biaya apapun. Warga Subang dapat hadir langsung secara gratis dan berkesempatan membawa pulang hadiah menarik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jejak Novelis Ternama Ernest Hemingway di Bar Klasik Venesia

Posted: 16 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Venesia - Venesia si Ratu Adriatic tidak pernah lelah menyajikan keindahan bagi siapapun yang berkunjung ke sana. Beragam bangunan kuno bersejarah yang berdiri kokoh hingga saat ini memberi sensasi kehidupan di era bangsawan masih menguasai wilayah sebelah timur laut Italia tersebut.

Terdiri dari 118 pulau dengan 400 jembatan sebagai penghubung dan tanpa kendaraan bermotor, hanya ada dua pilihan bagi para pelancong untuk menikmati setiap sudut Venesia: jalan kaki dan perahu gondola.

Namun lelah sepertinya bukan pilihan yang tepat di tempat ini. Lorong-lorong yang eksotis dan bangunan tua yang tersaji membuat langkah kaki terasa lebih ringan dan waktu berjalan cepat saat berada di Venesia.

Mengunjungi St Mark's Square atau dikenal juga dengan sebutan Piazza San Marco, wajah si Ratu Adriatic bisa dicoba. Area yang dibangun pada tahun 800-an ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Venice.

Kawasan yang menjadi lokasi favorit bagi wisatawan ini dikelilingi bangunan bersejarah seperti gereja St Mark Basilica lengkap dengan menara lonceng yang legendaris, Doge's Palace, dan Procuratie Vecchie.

Puas memandang bangunan bersejarah, segeralah berjalan menuju Jembatan Rialto yang melintasi kanal terbesar di Venesia. Dari atas jembatan berusia ratusan tahun ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan aktivitas kanal yang menawan.

Bosan berjalan kaki, cobalah merasakan sensasi moda tansportasi tradisional warga Venesia, gondola. Perahu berujung lancip itu siap membawa siapapun menelusuri kanal-kanal yang terdapat di Venesia.

Keindahan Venesia juga tidak hanya memanjakan mata saja. Pemandangan eksotik 'kota terapung' ini sejak dulu ternyata menjadi lokasi favorit bagi novelis ternama abad ke-20, Ernest Hemingway dalam mencari inspirasi.

Selama perang dunia kedua, mantan wartawan perang Amerika Serikat tersebut, bolak-balik ke Venesia. Dan setelah lelah melompat dari satu pulau ke pulau lain, Hemingway, biasanya mampir di sebuah bar bernama Harry's Bar untuk menikmati Bellini, minuman lokal khas Venesia.

Saat mengunjungi Venesia, 7 November lalu, Liputan6.com menyempatkan diri mengunjungi bar yang telah berdiri sejak 1931 itu. Lokasinya tidak jauh dari dermaga kedatangan. Tepatnya berada di Calle Vallaresso 1323, Venice, atau bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 menit dari dermaga.

Lokasinya berada di ujung gang. Tidak menyolok. Hanya terdapat tulisan Harry's Bar di bagian pintu dan jendela dengan logo singa bersayap, warna kuning. Bila kurang teliti, pengunjung tidak sadar sudah melewati bar milik Giuseppe Cipriani itu.

Salah seorang bartender segera menghampiri sesaat pintu dibuka. "Silahkan duduk," ujarnya ramah.

Diapun membenarkan bahwa Harry's Bar merupakan tempat favorit Ernest Hemingway di masa lalu. "Ya ini dia. Hemingway salah seorang pelanggan di sini. Dia ke sini saat perang dunia kedua," katanya.

Interior bar sangat minimalis. Berbeda dengan bangunan-bangunan kuno di Venesia yang bergaya romawi kuno dan gothic, ruangan Harry's Bar hanya dipenuhi meja dan kursi dari kayu. Tidak ada patung atau ukiran megah di dindingnya. Hiasan yang terpajang kebanyakan lukisan bertema Venesia.

Sepintas tidak ada jejak Ernest Hemingway yang terlihat di bar tersebut. "Dia sama seperti pengunjung lainnya. Kami juga tidak mengabadikan mereka yang datang ke sini," ujar pria paruh baya itu menjelaskan.

"Satu-satunya peninggalan Ernest Hemingway hanyalah foto bersama pemilik bar," katanya sembari menunjuk salah satu foto di dekat pintu masuk.

Satu-satunya jejak Ernest Hemingway di Harry's Bar, foto bersama pemilik Harry's Bar, Giuseppe Cipriani. (Liputan6.com/Marco Tampubolon)

Sejarah Harry's Bar

Tampilan depan Harry's Bar di Venesia. (Liputan6.com/Marco Tampubolon)

Menurut sejarah yang dilansir situs pemilik bar, Cipriani SA, Harry's Bar awalnya didirkan oleh seorang bartender Giuseppe Cipriani pada 1931.

Ikhwal nama Harry's Bar sendiri bermula dari kebangkrutan yang dialami oleh salah seorang pria asal Amerika Serikat, Harry Pickering yang menjadi pengunjung tetap Hotel Europa tempat Cipriani bekerja sebagai bartender. Suatu saat, dia berhenti mengunjungi hotel tersebut.

Cipriani lalu bertanya kenapa. Pickering menjawab kalau keluarganya telah berhenti mengirim uang karena kebiasaan mabuk-mabukannya. Cipriani iba lalu meminjamkannya uang 10 ribu lire. Dua tahun kemudian, Pickering kembali ke hotel itu dan memberikan uang 50 ribu lire kepada Pickering.

Uang inilah yang kemudian digunakan oleh Cipriani untuk membuka bar yang dinamakan Harry's Bar (Bar milik Harry-mengacu pada nama Harry Pickering).

Bar ini terus berkembang. Tidak hanya Ernest Hemingway yang menjadikannya sebagai tempat favorit saat menyambangi Venesia. Para pesohor seperti Charlie Chaplin hingga Alfred Hitchcock juga langganan Harry's Bar. Salah seorang novelis ternama asal Inggris, Evelyn Waugh bahkan secara khusus menyebut bar tersebut dalam salah satu mahakaryanya berjudul Brideshead Revisited.

Kesegaran Bellini Minuman Favorit Ernest Hemingway

Bellini, minuman khas Venesia yang menjadi menu favorit di Harry's Bar. (Liputan6.com/Marco Tampubolon)

Bellini menjadi salah satu menu favorit di Harry's Bar. Minuman jenis cocktail ini terbuat dari campuran wine Italia Prosecco dan sari buah persik. Liputan6.com mencoba mencicipi minuman yang disajikan bersama setapak buah zaitun tersebut.

Bulir-bulir buah persik masih terasa saat minuman berada di dalam mulut. Rasanya sedikit asam menyegarkan dengan sensasi pahit di akhir tegukan.

Kandungan alkohol yang terdapat pada Bellini membuat badan terasa ringan usai menenggak habis satu gelas berukuran kecil. Meski tidak otomatis menjadikan Anda menulis seandal Hemingway, minuman ini setidaknya sedikit mampu memberi sensasi yang pernah dirasakan penulis The Old Man and the Sea itu saat menutup hari di kota Venesia.

Untuk satu gelas Bellini, Harrys Bar mematok harga sebesar 20 euro atau sekitar Rp 300 ribu. Selain di Venesia, Harry's Bar kini juga terdapat di New York, Amerika Serikat, dan Buenos Aires, Argentina.

Setelah tegukan terakhir Bellini di Harry's Bar, mungkin ada baiknya menghibur diri lewat kutipan terkenal Ernest Hemingway dalam bukunya Garden of Eden, "Happiness in intelligent people is the rarest thing I know (Yang saya tahu, kebahagiaan adalah hal paling langka bagi orang-orang berpendidikan)."

Jadi, jangan lupa untuk bahagia meskipun itu harus dibayar mahal!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKB Dukung Gibran Maju di Pilkada Solo

Posted: 16 Nov 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid yakin putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bisa menyakinkan semua partai untuk mendukungnya maju Pilwalkot Solo 2020. Sebab, Gibran adalah sosok muda dan milenial.

"Dilihat dari komposisi yang ada saya pikir mampulah Mas Gibran untuk meyakinkan 20 persen dari partai-partai yang ada di Solo," kata kata Jazilul, Minggu (17/11/2019).

Jazilul mengatakan, partainya juga mendukung Gibran untuk maju Pilwalkot Solo. Alasannya, karena Gibran sosok yang milenial.

"Mas Gibran ini sosok yang muda di Solo dan PKB senang kalau ada kader-kader muda. Ada orang-orang baru, milenial," ungkapnya.

"Jadi bukan karena anak presiden tetapi mengapresiasi anak-anak muda masuk di politik kan milenial ini banyak yang alergi dengan politik," sambungnya.

Kendati demikian, Jazilul menegaskan sampai saat ini Gibran belum bertemu PKB untuk meminta dukungan maju Pilwalkot. Namun, PKB mendukung rencana Gibran tersebut.

"Tapi PKB hanya melihat dari jauh bahwa keseriusan Mas Gibran itu baru, belum kita nilai serius karena belum pernah dateng juga ke PKB. Ya tapi PKB mengapresiasi karena mas Gibran ini masih sosok yang muda, berkarya ya PKB dukung," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia: Siaran Langsung Balapan di Televisi

Posted: 16 Nov 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para pembalap dunia akan memungkasi petualangan musim ini di MotoGP Valencia, Spanyol yang digelar Minggu malam nanti WIB (17/11/2019) di Sirkuit Ricardo Tormo. Keseruan tetap dirasakan meski Marc Marquez sudah kunci gelar juara dunia.

Dari hasil kualifikasi MotoGP Valencia, Sabtu 16 November 2019, pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, akan start dari urutan pertama. Ia mencatat waktu putaran tercepat, 1 menit 29,978 detik. Di urutan kedua, ada Marc Marquez (Repsol Honda) dan pembalap Pramac Racing, Jack Miller di posisi ketiga.

Jelang balapan, kabar cukup mengejutkan disampaikan Jorge Lorenzo. Pembalap Repsol Honda itu, menyatakan akan pensiun dari lintasan.

Lorenzo memutuskan pensiun setelah mengalami kecelakaan parah di Sirkuit Assen, Belanda, Juni lalu. Kecelakaan itu membuatnya mengalami cedera tulang belakang yang membuatnya absen dalam empat balapan.

Lorenzo sudah pasti berusaha untuk memberikan yang terbaik saat menjalani balapan terakhirnya ini. Selama mengikuti MotoGP, Lorenzo sudah balapan sebanyak 202 kali. Dia mencatatkan 47 kemenangan, 117 podium, dan 43 pole. Lorenzo mengumpulkan 2.896 poin.

Berikut jadwal MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tomo, Spanyol.

Jadwal MotoGP Valencia

Pembalap Monster Energy Maverick Vinales saat latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (16/11/2019). Vinales menempati posisi keenam pada FP3 MotoGP Valencia. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

Balap

Minggu (17/11/2019)

14:20 - 14:40, WU Moto3

14:50 - 15:10, WU Moto2

15:20 - 15:40, WU MotoGP

17:00, Race Moto3

18:20, Race Moto2

20:00, Race MotoGP

Live Trans 7

Hasil FP3

1 = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)* 1'30.232s
2 ^1 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +0.224s
3 ^1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19) +0.311s
4 ^10 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.398s
5 = Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0.491s
6 ˅4 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.503s
7 ^5 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP19) +0.615s
8 ^1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP19) +0.619s
9 ˅2 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* +0.726s
10 ^1 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +0.764s
11 ^6 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) +0.807s
12 ˅6 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.861s
13 ˅3 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V) +0.973s
14 ^2 Jorge Lorenzo SPA Repsol Honda (RC213V) +1.151s
15 ^6 Andrea Iannone ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) +1.435s
16 ˅3 Michele Pirro ITA Ducati Team (GP19) +1.439s
17 ^2 Karel Abraham CZE Reale Avintia Ducati (GP18) +1.554s
18 ˅10 Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) +1.636s
19 ˅1 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP18) +2.033s
20 ^3 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* +2.166s
21 ˅1 Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) +2.289s
22 ˅7 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)* +2.367s
23 ˅1 Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM Tech3 (RC16) +2.814s

 

Klasemen MotoGP

Marc Marquez - Honda - 395 poin

Andrea Dovizioso - Ducati - 256

Maverick Vinales - Yamaha - 201

Alex Rins - Suzuki - 194

Danilo Petrucci - Ducati - 176

Fabio Quartararo - Yamaha - 172

Valentino Rossi - Yamaha - 166

Jack Miller - Ducati - 149

Cal Crutchlow - Honda - 133

Franco Morbidelli - Yamaha - 115

Pol Espargaro - KTM - 94

Joan Mir - Suzuki - 83

Takaaki Nakagami - Honda - 74

Aleix Espargaro - Aprilia - 56

Francesco Bagnaia - Ducati - 54

Andrea Iannone - Aprilia - 43

Miguel Oliveira - KTM - 33

Johann Zarco - Honda - 30

Jorge Lorenzo - Honda - 25

Tito Rabat - Ducati - 18

Stefan Bradl - Honda - 16

Michele Pirro - Ducati - 9

Hafizh Syahrin - KTM - 8

Sylvain Guintoli - Suzuki - 7

Karel Abraham - Ducati - 7

Mika Kallio - KTM - 3

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Ini Padukan Foto Suasana Kota dan Alam, 6 Karyanya Menakjubkan

Posted: 16 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kota menjadi salah satu tempat hunian paling padat penduduk. Tak sedikit orang yang ingin tinggal di perkotaan dengan berbagai alasan. Mulai dari urusan pekerjaan hingga tuntutan gaya hidup.  

Hampir seluruh wilayah perkotaan di berbagai negara memiliki daya tarik tersendiri. Ruang publik yang ramai, fasilitas yang memadai hingga pemandangan hiruk-pikuk jalanan lalu lintas. Tak heran jika di kota sangat sedikit ruang untuk melihat pemandangan alam yang indah dan tenang. 

Maka dari itu, seorang seniman memiliki ide untuk menggabungkan foto dua tempat yang bertolak belakang ini. Ia adalah Charlie Davoli, seorang seniman yang memiliki project bernama "Nature's Dystopian Nature". Dalam projectnya tersebut, ia menghasilkan serangkaian gambar imajiner tentang pemandangan peradaban modern dengan keindahan alam liar. 

Charlie Davoli melakukan hampir satu tahun perjalanan untuk mengambil foto-foto kota dan alam liar yang kemudian digabungkan. 

"Dalam setiap pemotretan tunggal, saya mencoba membayangkan bagaimana pemandangan itu bisa terjadi jika bagian kota itu diliputi oleh alam liar." ungkapnya dikutip dari Boredpanda.

Punya hasil yang luar biasa dan menakjubkan, berikut ini 6 potret hasil karya Charlie Davoli yang menggabungkan foto pemadnagan kota dengan alam liar. Dirangkum dari Instargam @charlie_davoli oleh Liputan6.com, Minggu (17/11/2019). 

1. Salah satu karyanya adalah memadukan stasiun kereta bawah tanah dengan pemandangan sungai di alam liar yang indah.

Seorang seniman padukan pemandangan kota dan tempat umum lainnya dengan suasana alam yang indah. (Sumber: Instagram/@charlie_davoli)

2. Tak hanya itu, kereta bawah tanahnya pun ia sulap dengan taman bunga yang memesona.

Seorang seniman padukan pemandangan kota dan tempat umum lainnya dengan suasana alam yang indah. (Sumber: Instagram/@charlie_davoli)

3. Ketika Louvre Museum dikelilingi hamparan rumput hijau, kira-kira begini jadinya!

Seorang seniman padukan pemandangan kota dan tempat umum lainnya dengan suasana alam yang indah. (Sumber: Instagram/@charlie_davoli)

4. Kawasan gedung tinggi di kota yang juga memiliki pemandangan pegunungan di tengahnya.

Seorang seniman padukan pemandangan kota dan tempat umum lainnya dengan suasana alam yang indah. (Sumber: Instagram/@charlie_davoli)

5. Perpaduan antara mall Rue de Halles di Paris dan pemandangan hutan Alp di Italia.

Seorang seniman padukan pemandangan kota dan tempat umum lainnya dengan suasana alam yang indah. (Sumber: Instagram/@charlie_davoli)

6. Berenang di pantai Lefkada, Yunani dengan pemandangan dasarnya yaitu kota Chicago.

Seorang seniman padukan pemandangan kota dan tempat umum lainnya dengan suasana alam yang indah. (Sumber: Instagram/@charlie_davoli)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Salima Anak Wishnutama dan Gista Putri yang Baru Lahir

Posted: 16 Nov 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebahagian tengah menyelimuti keluarga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dan Gista Putri. Pasangan ini dikaruniai anak perempuan. 

Bayi perempuan tersebut diberi nama Salima Putri Tama yang lahir pada 15 November 2019. Kabar bahagia ini diumumkan oleh sang suami di akun instagram pribadinya. Dalam unggahan tersebut, menteri berusia 49 tahun tersebut mengunggah foto Gista bersama sang buah hati yang baru.

Wishnutama pun mengungkapkan rasa syukur atas kelahiran sang bayi yang telah lama dinantikannya itu. Sebelumnya, pria kelahiran Jayapura itu mengaku sedang menjadi suami siaga sehingga tak berani untuk melakukan kunjungan kerja ke luar daerah karena menanti kelahiran anaknya.

Baru lahir, wajah anak Wishnutama dan Gista Putri sukses membuat gemas netizen. Dari beberapa foto yang beredar, Salima tampak cantik dan sangat ekspresif. Berikut 5 foto gemas Salima Putri Tama yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/11/2019).

1. Salima Putri Tama lahir pada Jumat, 15 November 2019. Tepatnya pada pukul 09.09 WIB. Begini gemasnya Salima tidur disebelah mama Gista.

Foto Gemas Salima, Anak Wishnutama dan Gista Putri (sumber: instagram/salimaputritama)

2. Kamar sedang diberesin, foto dulu sama kakak Sakina. Salima dan kak Sakina mirip banget ya.

Foto Gemas Salima, Anak Wishnutama dan Gista Putri (sumber: instagram/salimaputritama)

3. Senangnya bisa ketemu dengan kakak-kakak. Dapat kunjungan dari kak Sultan Saladyne, Salvaditya, Sakina Adjani, dan Muhammad Sabian.

Foto Gemas Salima, Anak Wishnutama dan Gista Putri (sumber: instagram/salimaputritama)

4. Begini lucunya baby Salima saat foto dengan kakak-kakak dan mama, kecil-kecil udah sadar kamera.

Foto Gemas Salima, Anak Wishnutama dan Gista Putri (sumber: instagram/salimaputritama)

5. Ini kira-kira Salima kenapa ya nangis, apa karena ditinggal kakak. Kelihatan banget wajah bahagia Gista Putri melihat sang buah hati.

Foto Gemas Salima, Anak Wishnutama dan Gista Putri (sumber: instagram/salimaputritama)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menolak Dicium, Siswi SMA Konawe Dibunuh Kekasih Pakai Keris

Posted: 16 Nov 2019 09:08 PM PST

Patroli, Konawe Utara - Digiring menuju ke kantor polisi, pria berusia 23 tahun ini akhirnya diamankan petugas. Pasalnya, dia baru saja membunuh kekasihnya.

Pelaku ditangkap di rumahnya di Desa Pariama, Langgikima, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (17/11/2019), pembunuhan bermula saat pelaku menjemput korban yang masih duduk di bangku SMA. Saat itu, dia mengaku emosi karena korban keluar dari sekolahnya, sehingga dia harus menunggu lama.

Lalu pelaku mengajak gadis berusia 17 tahun itu ke sebuah perkebunan kelapa sawit. Karena menolak dicium, pelaku pun menikam kekasihnya itu dengan senjata keris.

Korban mengalami tujuh luka tusukan di wajah, leher, dada, dan punggung. Pelaku lalu membuang jasadnya ke kali.

Padahal, hubungan asmara keduanya baru berkisar dua minggu. Kini pelaku harus mendekam di balik jeruju besi dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jawab Tantangan, Pengusaha Aksesori Mobil Perkuat Penjualan Online

Posted: 16 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Transformasi digital yang kian berkembang pesat memang menyasar segala industri, dan tidak terkecuali pasar aksesori mobil. Bahkan, Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (Pahami) kini sudah menyatakan diri akan memperkuat penjualan secara online.

Menjawab tantangan tersebut, perkumpulan pengusaha aksesori kendaraan roda empat ini telah bekerja sama dengan salah satu marketplace di Indonesia.

"Jadi, kalau kita bisa membangun satu sistem atau program penjualan secara online yang baik. Bergerak dari cara konvensional ke modern, menjemput bola kepada konsumen itu akan lebih baik," jelas Irwan Kusuma, Sekertaris Jenderal Pahami, saat ditemui di sela-sela perayaan ulang tahun ke-3 Pahami, di bilangan Jakarta Barat. 

Dengan meningkatkan penjualan secara online juga, pastinya akan memberikan pelayanan yang memudahkan konsumen, baik dalam bertransaksi ataupun pemasangan aksesori.

"Pemasangan aksesori, tidak perlu jauh-jauh, cukup di rumah atau di kantor dengan kita kerahkan diler merek aksesori terdekat. Itu yang akan kita tingkatkan," tegas pria yang akrab disapa Koh Abay ini.

Anniversary Ketiga

Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) bulan November ini memasuki usia ke-3 tahun. PAHAMI yang terbentuk pada Oktober 2015 dan digagas oleh 15 pengurus PAHAMI hari ini (15/10) mengadakan event 3rd Year Anniversary PAHAMI yang didedikasikan sebagai bentuk apresiasi kepada industri aksesoris mobil di Indonesia, member, partner dan media.

Event 3rd Year Anniversary PAHAMI ini dihadiri lebih dari 250 tamu undangan dan diselenggarakan di Fortune Star Function Hall, Kota Tua, Jakarta Barat.

Acara dimulai dengan jamuan makan malam, lalu pemutaran milestone PAHAMI dan diakhiri dengan penampilan special dari D'MASIV, salah satu group band papan atas Indonesia yang sudah 15 tahun berkarir di dunia musik.

"Atas nama Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia, kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan, kerjasama, doa dan kepecayaan sejak tahun 2016 hingga saat ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder, dalam hal ini seluruh member PAHAMI, pengurus, client, media, venue dan semua individu yang tidak dapat kami sebut satu per satu. Semoga bisnis aksesoris mobil di Indonesia yang sudah ada terus berkembang dan berinovasi untuk tetap konsisten dalam industrinya." ucap Rusli Nauli Lie, Ketua Umum PAHAMI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Super Jenius, Bocah 9 Tahun Raih Gelar Sarjana Teknik Elektro

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah dari Belgia, hingga kini menjadi perbincangan masyarakat dunia. Di umurnya yang menginjak 9 tahun, bocah bernama Laurent Simons akan mendapatkan gelar sarjana teknik elektro di Eindhoven University of Technology (TUE) pada Desember mendatang.

Jurusan teknik elektro yang dipilihnya bahkan menjadi salah satu jurusan yang cukup sulit bagi mahasiswa pada umumnya.

Dilansir dari CNN Internasional, Minggu (17/11/2019), Laurent Simons akan melanjutkan pendidikannya hingga meraih gelar Phd. Tidak hanya itu, ia juga berniat akan melanjutkan pendidikannya di jurusan kedokteran. Diketahui, keluarga besar Laurent adalah keluarga yang berlatar belakang 'Keluarga Dokter'.

Banyak yang mengira bahwa kejeniusan bocah itu didapatkan dari latar belakang keluarganya tersebut. Namun, kedua orangtuanya, Alexander dan juga Lydia Simons membantah hal tersebut dengan mengatakan bahwa Lydia banyak mengkonsumsi ikan saat mengandung Laurent.

"Saya banyak makan ikan saat hamil," kata Lydia.

Kedua orangtuanya awalnya sempat tidak percaya bahwa anaknya super jenius. Namun, saat guru sekolah Laurent mengatakan kepada Alexander dan juga Lydia, mereka baru mempercayai bahwa Laurent seorang anak yang jenius.

Bahkan guru tersebut mengatakan kalau Laurent diibartkan seperti spoons yang menyerap semua hal dengan sangat cepat.   

Kemampuan yang Spesial

(Laurent Simons/instagram.com)

Direktur pendidikan sarjana teknik elektro University of Technology Sjoerd Hulshof berpendapat bahwa Laurent memiliki kemampuan yang sangat spesial dan berbeda dari anak-anak seusinya.

Karena kemampuan tersebut, ia diperbolehkan menyelesaikan pendidikannya lebih cepat oleh pihak universitas.

Kekhawatiran Kedua Orangtua

Meski menjadi suatu kebanggan memiliki anak yang sangat jenius, rupanya kedua orangtua Laurent memiliki kekhawatiran tersendiri. Alexander dan Lydia hanya tidak ingin anaknya itu terlalu serius dalam akademiknya, mengingat umur Laurent masih terbilang belia.

"Dia melakukan apapun yang dia mau. Kamu harus menyeimbangkan bakatnya dengan dirinya yang masih seorang anak-anak," kata Alexander.

Merencanakan Masa Depan yang Berbeda

Laurent Simons, bocah jenius usia 9 tahun. (Source: CNN)

Dengan memiliki kemampuan yang luar biasa, ternyata Laurent sudah merencanakan masa depannya. Masa depan yang diinginkan Laurent pun berbeda dari anak seusianya, yakni ingin melanjutkan pendidikan.

Bahkan, bukan hanya di bidang teknik elektro, Laurent juga akan mempelajari kedokteran dan akan mengambil pendidikan hingga S3.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Utang Dunia Meroket Jadi Rp 3,5 Juta Triliun, Salah Siapa?

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Washington, D.C. - Jumlah utang di seluruh dunia menembus rekor baru di paruh awal tahun 2019. Utang dunia tercatat mencapai USD 250 triliun atau Rp 3,5 juta triliun (USD 1 = Rp 14.072).

Berdasarkan laporan International Institute of Finance (IIF), angka itu naik USD 7,5 triliun (Rp 105 ribu triliun) dari tahun sebelumnya.

Peningkatan utang itu akibat dua negara yang sedang terlibat perang dagang: Amerika Serikat dan China. Dua negara itu berkontribusi pada 60 persen peningkatan utang dunia.

Tak hanya AS dan China, utang di negara-negara berkembang juga berkembang drastis. Laporan IIF juga meyakini utang di dunia akan menyentuh USD 255 triliun di penutup tahun.

"Utang pasar negara berkembang (Emerging Market) juga menyentuh rekor terbaru sebesar USD 71,4 triliun (Rp 1 juta triliun). Dengan sedikitnya tanda perlambatan akumulasi utang, kami memperkirakan utang global akan melewati USD 255 triliun (Rp 3,58 juta triliun) di akhir Rp 2019," jelas laporan IIF.

CNBC menyebut fenomena menurunnya suku bunga memberikan kemudahan luar biasa bagi dunia korporasi dan negara-negara untuk meminjam uang. Presiden AS Donald Trump juga kerap menuntut Bank Sentral negaranya untuk menurunkan suku bunga.

Sementara, IMF bulan lalu sudah meningatkan bahaya tingginya utang korporat akibat rendahnya suku bunga dari berbagai bank sentral. Pasalnya, 40 persen dari utang-utang korporasi di negara ekonomi major, seperti AS, China, Jepang, dan Inggris, sedang menghadapi risiko default.

Total utang-utang korporat itu sebesar USD 19 triliun (Rp 267 ribu triliun). Utang itu terancam default jika perekonomian dunia kembali mengalami downturn.

 

Begini Kondisi Utang Luar Negeri Indonesia hingga Kuartal III

Pekerja menunjukan mata uang Rupiah dan Dolar AS di Jakarta, Rabu (19/6/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sore ini Rabu (19/6) ditutup menguat sebesar Rp 14.269 per dolar AS atau menguat 56,0 poin (0,39 persen) dari penutupan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar )

Bank Indonesia (BI) melaporkan utang luar negeri (ULN) Indonesia pada kuartal III 2019 terkendali dengan struktur yang sehat. Total utang Indonesia adalah USD 395,6 miliar atau Rp 5.567 triliun (USD 1 = Rp 14.074).

Utang itu terdiri atas ULN publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar USD 197,1 miliar dan ULN swasta (termasuk BUMN) sebesar USD 198,5 miliar dolar. 

ULN Indonesia tersebut tumbuh 10,2 persen (yoy), relatif stabil dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang dipengaruhi oleh meningkatnya pertumbuhan ULN pemerintah di tengah perlambatan ULN swasta.

Pengelolaan utang luar negeri pemerintah diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, dengan porsi terbesar pada beberapa sektor produktif yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sektor-sektor tersebut adalah jasa kesehatan dan kegiatan sosial (19,0 persen dari total ULN Pemerintah), sektor konstruksi (16,5 persen), sektor jasa pendidikan (16,0 persen), sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (15,3 persen), serta sektor jasa keuangan dan asuransi (13,7 persen).

ULN swasta tumbuh melambat dari triwulan sebelumnya. Posisi ULN swasta pada akhir triwulan III 2019 tumbuh 10,4 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 11,3 persen (yoy).

Perlambatan utang luar negeri swasta tersebut terutama disebabkan penurunan ULN Bank. Secara sektoral, ULN swasta didominasi oleh sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara (LGA), sektor industri pengolahan, serta sektor pertambangan dan penggalian. Pangsa ULN di keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 75,4 persen.

Struktur Sehat

Gubernur BI Perry Warjiyo bersiap Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (20/6/2019). Rapat memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

BI menyebut struktur ULN Indonesia tetap sehat. Ini berkat penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Kondisi tersebut tercermin antara lain dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan III 2019 sebesar 36,3 persen, membaik dibandingkan dengan rasio pada triwulan sebelumnya.

Selain itu, struktur ULN Indonesia tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang dengan pangsa 88,1 persen dari total ULN. Dalam rangka menjaga struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus meningkatkan koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menyokong pembiayaan pembangunan, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-13: Duel Sengit Manchester City vs Chelsea

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liga Inggris baru akan bergulir lagi pekan depan. Hingga memasuki pekan ke-13, persaingan panas terus terjadi di papan klasemen sementara.

Laga big match akan terjadi pada pekan ke-13 Liga Inggris nanti. Dua tim raksasa di liga ini akan bertemu Minggu 24 November 2019 mendatang. Manchester City akan menantang Chelsea.

Manchester City saat ini berada di posisi keempat klasemen Liga Inggris dengan koleksi 25 poin. Sementara Chelsea di posisi ketiga dengan selisih satu poin.

Pemuncak klasemen Liga Inggris Liverpool akan bertandang ke markas Crystal Palace. Sementara peringkat kedua, Leicester akan melawan Brighton.

Sedangkan MU akan meladeni tuan rumah Sheffield United. Berikut jadwal Liga Inggris pekan ke-13 selengkapnya:

 

 

Jadwal Liga Inggris

Sabtu 23 November 2019

19.30 WIB, West Ham United vs Tottenham Hotspur

22.00 WIB, AFC Bournemouth vs Wolverhampton

22.00 WIB, Arsenal vs Southampton

22.00 WIB, Brighton Albion vs Leicester City

22.00 WIB, Crystal Palace vs Liverpool

22.00 WIB, Everton vs Norwich City

22.00 WIB, Watford vs Burnley

Jadwal Liga Inggris

Minggu 24 November 2019

00.30 WIB, Manchester City vs Chelsea

23.30 WIB, Sheffield United vs Manchester United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Kentang: The Beginning Sajikan Horor Klasik yang Menguras Emosi

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hitmaker Studios kembali merilis film horor berjudul Rumah Kentang: The Beginning. Disutradarai oleh Rizal Mantovani, film ini akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 21 November 2019 mendatang.

Rumah Kentang: The Beginning juga menjadi ajang reuni bagi Christian Sugiono dan Luna Maya. Mereka kembali berperan sebagai pasangan suami istri setelah film Sabrina.

Berangkat dari mitos yang beredar di masyarakat, Rumah Kentang: The Beginning mengisahkan tentang awal mula kemunculan mitos Rumah Kentang di Bandung. Menurut Christian Sugiono, belum banyak orang yang mengetahui cerita di balik kisah mistis tersebut.

"Rumah Kentang ini menurut gue cukup menarik. Karena kita tahu Rumah Kentang itu adalah urban legend. Tapi banyak orang yang kurang tahu ceritanya kenapa bisa disebut Rumah Kentang," ujar Christian Sugiono, dalam wawancara Facebook Live bersama Liputan6.com di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2019).

 

Tidak Terkait dengan Film Sebelumnya

Rumah Kentang: The Beginning (Dok. Hitmaker Studios)

Seperti diketahui, Hitmaker Studios pernah merilis Rumah Kentang yang dibintangi Shandy Aulia pada tahun 2012 silam. Sehingga, banyak kalangan yang menganggap bahwa Rumah Kentang: The Beginning merupakan prekuel dari film tersebut. 

Namun, Luna Maya mengatakan bahwa Rumah Kentang: The Beginning tidak memiliki kaitan dengan film sebelumnya. Dari segi cerita pun tidak bersinggungan sama sekali dengan Rumah Kentang yang dirilis tujuh tahun lalu tersebut.

"Ini sama sekali enggak ada hubungannya dan enggak ada sangkut pautnya dengan film yang sebelumnya. This is totally a new movie, a new story, semuanya baru," kata Luna Maya.

 

Tantangan

Rumah Kentang: The Beginning (Dok. Hitmaker Studios)

Sementara itu, Christian Sugiono mengungkapkan tantangan yang ia hadapi selama proses syuting tersebut. Menurutnya, unsur cerita dalam Rumah Kentang: The Beginning cukup menguras emosi. 

"Buat saya pribadi, tantangannya lebih ke scene-scene yang emosional, dramatis, dan menguras emosi. Ceritanya kalau diikutin tuh enggak hanya ngaget-ngagetin doang, tapi ada sisi dramatis dan emosionalnya," papar Christian Sugiono.

 

Membangun Chemistry

Pria yang akrab disapa Tian ini juga menuturkan cara membangun chemistry bersama Luna Maya. Meski pernah bekerja sama sebelumnya, Tian tetap berdiskusi dengan Luna Maya sebelum mengeksekusi naskah film terbarunya ini. 

"Karena sudah kenal, jadi lebih gampang aja menyampaikan apa pun itu. Kita ada diskusi juga untuk memudahkan proses syuting," kata Tian.

"Kita banyak diskusi sih, supaya tek-tokannya jadi lebih enak dan supaya scene-nya juga lebih dapet," timpal Luna Maya.

 

Harapan

Tian kemudian menuturkan ekspektasinya pada Rumah Kentang: The Beginning. Ia berharap para penonton bisa merasakan situasi mistis sejak awal film ini diputar. 

"Mudah-mudahan penonton bisa mendapatkan rasa ketegangan atau kengerian sebelum setannya muncul. Jadi sudah terbangun dari awal ketika ceritanya berjalan," tutup Christian Sugiono. 

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Review HP Elite X2, Notebook yang Bisa Dijadikan Tablet

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengertian notebook adalah sebuah komputer pribadi dalam bentuk portabel yang dapat dibawa kemana-mana, mempunyai batrei untuk menyimpan daya dan menghidupkan perangkat notebook di mana saja dan kapan saja.

Di zaman seperti sekarang ini, kehadiran notebook menjadi salah satu perangkat yang paling dibutuhkan sebagai pengganti komputer.

Seiring dengan berjalannya waktu, perubahan sangat besar terjadi pada notebook. Saat ini teknologi dan kinerja notebook sudah sangat maju.

Pada kesempatan kali ini bhinnekaCom membahas notebook HP Elite X2.

Notebook yang bisa dijadikan tablet ini memiliki desain premium yang solid. Penasaran seperti apa review tersebut? Saksikan selengkapnya di channel BhinnekaCom hanya di Vidio.

Saksikan Videonya di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet Ingatkan Pancasila Harus Menjadi Dasar Nilai Pembentukan Komunitas Masyarakat

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan pada tataran masyarakat, penguatan Pancasila memerlukan institusi yang positif terutama komunitas keluarga sebagai elemen penting, serta kelompok masyarakat yang terdiri dari berbagai keluarga. Keluarga dan komunitas masyarakat yang sehat perlu dijadikan dasar bagi pembentukan mentalitas yang sejalan dengan Pancasila.

"Lingkungan keluarga dan komunitas masyarakat yang sehat juga dapat memperluas pemahaman dan kepedulian anak sambil belajar tentang nilai dan norma sosial lebih jauh. Dalam hubungan ini, Pancasila harus menjadi dasar nilai bagi pembentukan keluarga dan komunitas masyarkat. Sehingga, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara akan menjadi tangguh dan kuat," ujar Bamsoet saat menghadiri Mubes Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (16/11/19).

Hadir dalam acara Musyawarah Besar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan yang akan berlangsung hingga tanggal 18 November itu antara lain Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Widjiatno Notomihardjo, Wakil Presiden ke 10 dan ke 12 Jusuf Kalla, Menteri Pertanian Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Selatan dan Walikota Makasar.

Sejalan dengan itu, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengajak semua pihak kembali menumbuhkembangkan budaya malu, yakni malu berbuat kesalahan dan semua yang bertentangan dengan moral agama dan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Untuk itu, juga perlu ditumbuhkembangkan kembali budaya keteladanan yang harus diwujudkan dalam perilaku para pemimpin baik formal maupun informal pada setiap lapisan masyarakat.

"Kita juga perlu menumbuhkan dan mengembangkan kembali kehidupan berbangsa yang berbudaya tinggi dengan menggugah, menghargai, dan mengembangkan budaya nasional yang bersumber dari budaya daerah. Untuk itu, diperlukan penghayatan dan pengamalan agama yang benar, kemampuan adaptasi, ketahanan dan kreativitas budaya dari masyarakat," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini juga menyadari, dalam interaksi sosial keseharian masyarakat, pasti tak terlepas dari potensi konflik. Namun demikian, masalah potensial yang dapat menimbulkan permusuhan dan pertentangan tersebut, sejatinya bisa diselesaikan secara musyawarah dengan penuh kearifan dan kebijaksanaan sesuai dengan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya.

"Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk atas dasar suku, budaya, ras, dan agama. Anugerah tersebut patut kita syukuri dengan cara menghargai kemajemukan sebagai kekayaan sekaligus kekuatan bangsa Indonesia," pungkas Bamsoet. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tentara China Turun ke Jalan Pasca-Demo Hong Kong, Ini yang Mereka Lakukan

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong - Pasukan Tiongkok di Hong Kong, pada Minggu 17 November 2019, telah dikerahkan untuk membantu membersihkan jalan yang diblokir oleh pengunjuk rasa anti-pemerintah dalam sebuah langkah kontroversial yang dapat meningkatkan ketegangan yang sudah tinggi di wilayah otonomi khusus China tersebut.

Lusinan personel Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), mengenakan celana pendek dan T-shirt, berlari dari barak mereka di Kowloon ke Universitas Baptis Hong Kong di mana para pengunjuk rasa telah membangun barikade untuk menghentikan polisi anti huru hara memasuki kampus dalam aksi demo Sabtu 16 November 2019.

Bergabung dengan sekelompok penduduk, para tentara PLA memindahkan meja, plang, dan batu bata yang menghalangi jalan, demikian seperti dilansir the Guardian, Minggu (17/11/2019).

Sepanjang lima bulan terakhir demonstrasi, kemungkinan campur tangan militer menghadirkan kembali momok kekerasan Beijing di masa lalu, ketikan tentara melakukan tindak kekerasan dalam upaya pembubaran demonstran mahasiswa pada tahun 1989.

PLA, yang menempatkan sekitar 12.000 personelnya di Hong Kong, hanya dapat dikerahkan untuk membantu pemulihan bencana atau menjaga ketertiban umum jika diminta oleh pemerintah setempat --sebuah kebijakan yang diatur dalam hukum otonomi khusus Hong Kong sejak penyerahan eks koloni Inggris itu ke China pada 1998.

Selama 22 tahun kemudian, militer nasional China hanya terlihat turun ke jalan sekali, yakni untuk membantu operasi pembersihan pasca bencana topan 2018.

Sekelompok pemrotes mengeluarkan pernyataan berjudul "pembersihan hari ini, tindakan keras besok" yang mengkritik upaya pembersihan sebagai "upaya terselubung untuk mengintimidasi" mereka. "Ini adalah tindakan yang sama sekali tidak dapat diterima untuk menginvasi otonomi yang dijanjikan Hong Kong," kata pernyataan itu. "Ini adalah lisensi yang membuka jalan masuk yang sempurna bagi mereka untuk akhirnya menunjukkan warna asli mereka."

Para ahli mengatakan tidak mungkin China akan mengambil langkah ekstrem seperti itu, yang akan mengundang kecaman internasional yang luas. Beijing telah berulang kali mengatakan pihaknya berdiri di belakang pemerintah dan polisi Hong Kong untuk menangani krisis.

Pada hari Kamis pemimpin China Xi Jinping membuat pernyataan paling langsung tentang krisis , menyerukan Hong Kong untuk "memulihkan ketertiban" dan "menghukum para penjahat kejam."

Eskalasi Tensi Pekan Kemarin

Demo pro-demokrasi Hong Kong dimulai daat perayaan HUT ke-70 RRC (Vincent Thien / AP PHOTO)

Pekan lalu, terjadi peningkatan dramatis kekerasan setelah tewasnya dua demonstran dan puluhan lain yang terluka.

Selama lima hari, para pengunjuk rasa melumpuhkan jaringan transportasi, merusak stasiun angkutan massal. Sebagai tanggapan, polisi menyerbu beberapa universitas yang dituduhnya telah diubah menjadi benteng oleh para pengunjuk rasa, membarikade pintu masuk dan menimbun bom bensin, busur, panah, dan ketapel.

Setelah hari yang tenang, bentrokan meletus lagi pada Sabtu malam ketika polisi anti huru hara menembakkan gas air mata kepada pengunjuk rasa di dekat Universitas Politeknik di Kowloon. Para pengunjuk rasa melindungi diri mereka sendiri dengan payung dan papan kayu dan melemparkan bom bensin yang membakar tanah, batu bata dan benda-benda lainnya berserakan dan terbakar. Beberapa pengunjuk rasa yang terluka terlihat dibantu oleh pertolongan pertama.

Beberapa universitas di Hong Kong telah membatalkan kelas untuk sisa semester ini dan mahasiswa asing dari Inggris, Australia, Taiwan, dan Eropa telah didorong untuk kembali ke rumah. Siswa-siswa China Daratan juga telah dievakuasi.

Sebelumnya pada Sabtu, lalu lintas kembali normal setelah beberapa jalan yang sebelumnya diblokir dibersihkan.

Di Universitas Hong Kong, pengunjuk rasa telah menghancurkan pintu keluar stasiun metro di dekat sekolah. Lusinan warga setempat, mengindahkan seruan dari Maxine Yao, seorang kandidat pemilihan dewan distrik, menyingkirkan barikade yang didirikan para pengunjuk rasa di jalan itu.

Para pemrotes berpakaian hitam mengenakan topeng untuk menghentikan pembersihan tetapi kalah jumlah dan dipaksa untuk mundur ke jembatan yang menghadap ke jalan. Para pengunjuk rasa menjatuhkan beberapa bom bensin pada kelompok itu tetapi tidak ada yang terkena.

Warga mengatakan mereka tidak setuju dengan metode pengunjuk rasa dan bosan dengan gangguan terhadap kehidupan sehari-hari mereka. Yang lainnya bernyanyi bersama dengan para pengunjuk rasa, berteriak "berdiri dengan Hong Kong."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitos Berlaku Hanya Satu RT, Desa Penolak Sinden Benar-Benar Horor

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Sragen - Mitos soal kesakralan kampung anti sinden (penyanyi perempuan) di Dukuh Singomodo RT 5, Desa Kandangsapi, Jenar, Sragen memang menyimpan banyak cerita mencengangkan.

Joglosemarnews.com melansir bahwa sejumlah sesepuh di dukuh dan desa itu membeber banyak kisah soal beberapa pelanggar aturan yang kemudian langsung mendapat petaka.

Selain kisah warga yang konon disebut langsung meninggal setelah nekat membunyikan lagu sinden atau nanggap sinden, kisah serupa konon disebut juga pernah menimpa beberapa pengunjung yang pernah berada di Kampung Singomodo.

Sang juru kunci makam Syekh Nasher atau Eyang Singomodo, Mbah Slamet (65) menuturkan para pelanggar atau yang berbuat mencoba berniat jahat di wilayah Kampung Singomodo pun juga konon tak luput dari ganjaran petaka.

"Zaman penjajahan, londo (Belanda) masuk ke sini. Tanah kan dikapling-kapling. Nah ada warga yang nekat nggarap kaplingan dan nrabas wilayah areal batas larangan itu. Langsung mecicil (sekarat). Marine ya dijalukne apuro lan donga ke makam syekh nasher itu (sembuhnya ya dimintakan maaf dan doa ke makam syekh nasher)," kata Mbah Slamet kepada Joglosemarnews.com.

Tak hanya itu, juru kunci yang juga perangkat di Desa Kandangsapi itu menuturkan cerita soal petaka juga pernah menimpa pengunjung Makam Syekh Nasher atau Eyang Singomodo yang tak menaati aturan.

Suatu ketika ada yang tidak berwudhu dan membatin hal-hal jelek saat berziarah di areal makam Syekh Nasher, maka tak jarang akan langsung mendapat balasan mengerikan.

"Yang sering itu kadang kalau menyepelekan nggak wudhu, tahu-tahu nanti kalau duduk pasti nggak betah karena tiba-tiba ada semut di bawahnya. Padahal peziarah lain yang wudhu juga nyaman-nyaman saja. Nggak tahu datangnya (semut) dari mana. Itu sering terjadi. Makanya yang ziarah disarankan memang wudhu dulu dan nggak boleh mbatin yang enggak-enggak," tuturnya.

Mbah Slamet kemudian menguraikan cerita soal petaka bagi pengunjung yang melanggar aturan pernah menimpa sopir travel pengantar rombongan ziarah ke makam Syekh Nasher asal Jatim beberapa tahun lalu.

Ia menuturkan sopir itu disewa untuk mengantar kyai pengasuh sebuah Ponpes yang kala itu mengajak santrinya berziarah ke makam Syekh Nasher.

"Sang sopir itu nggak turun. Dia nunggu di mobil sambil nyetel musik klenengan di mobil. Tak tahu kalau kampungini kampung anti sinden atau penyanyi. Saat itu nggak terjadi apa-apa. Tapi saat perjalanan pulang sampai Mantingan, tiba-tiba 4 ban mobilnya langsung kempes dan kecelakaan," kata Mbah Slamet.

 

Hanya Berlaku Satu RT

Mbah Slamet, juru kunci makam Syekh Nasher alias Eyang Singomodo. (Foto: Liputan6.com/ joglosemarnews.com / Wardoyo)

Untungnya tak ada korban. Pak kyai itu bercerita dan kaget kok bisa-bisanya semua roda tiba-tiba kempes. Ia sangat bersyukur masih dilindungi. Bisa saja mobil masuk jurang dan jatuh banyak korban. Setelah kejadian itu, ia sering ziarah dan berdoa ke makam Syekh Nasher.

"Malah akhirnya makin dipercaya oleh kyai itu untuk membawa rombongan-rombongan ziarah ke sini. Sekarang mobil sewanya sudah empat," kata Mbah Slamet.

Sesepuh di Dukuh Singomodo yang juga Kadus Kandangsapi, Bopo Hartono (61) menuturkan kisah kesakralan Makam Syekh Nasher dan Kampung Singomodo memang tak masuk akal. Namun hal itu benar-benar terjadi dan hanya berlaku di satu RT yakni RT 5 Singomodo atau wilayah yang masuk batas areal sekitar Makam Syekh Nasher.

"Yang dianggap wingit (sakral) ya cuma satu RT yaitu di RT 5 atau RT Mbah Modo (Syekh Nasher atau Eyang Singomodo) itu saja. Kalau di RT lain juga kehidupannya biasa. Boleh nanggap klenengan, tayub dan sinden. Yang jelas sampai sekarang warga masih menolak sinden atau penyanyi dan mitos itu memang masih diyakini warga di RT Mbah Modo," kata Bopo Hartono.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Pengendara Motor Tendang Pria Lansia di Jalan

Posted: 16 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengendara motor melakukan hal yang tidak menyenangkan kepada pejalan kaki yang sudah tua. Ia menendang seorang kakek dengan alasan sedang dalam mood yang tidak baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Final Yamaha Cup Race 2019 di Tasikmalaya

Posted: 16 Nov 2019 08:57 PM PST

Liputan6.com, Tasikmalaya- Yamaha Cup Race 2019 Tasikmalaya pada 16-17 November menandai berakhirnya rangkaian seri tahun ini. Tiga kelas utama di Yamaha Cup Race 2019 telah menghasilkan juaranya.

Sesungguhnya terdapat 14 kelas pada kategori final, open dan supporting class di Yamaha Cup Race 2019 seri keenam ini. Tiga kelas utama ajang ini yaitu YCR1 4T 150cc (expert), YCR2 4T 150cc (novice) dan YCR3 4T 150cc(Rookie).

Dalam balapan di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya itu, YCR3 4T 150cc(Rookie) memunculkan M. Jordan Badaru sebagai pemenang dengan catatan waktu 10 menit 22,671 detik setelah melahap 10 lap. Pembalap asal Jawa Tengah ini mengalahkan 10 pesaingnya di kelas YCR3 4T 150cc(Rookie).

Nicky Hayden dari Yogyakarta dan Dovan Dzakiyah Nasyanto dari Jawa Timur berurutan menempati peringkat kedua dan ketiga YCR3 4T 150cc(Rookie). Penampilan Nicky Hayden dapat perhatian, selain namanya yang sama dengan mendiang pembalap MotoGP asal Amerika Serikat, tubuhnya kecil dan baru berusia 12 tahun.

Sementara itu di kelas YCR2 4T 150cc (novice), Aldiaz Aqsal Ismaya dari Nusa Tenggara Barat, harus bersaing ketat dengan rider tuan rumah, Aditya Fauzi hingga lap terakhir untuk memenangi balapan pamungkas Yamaha Cup Race 2019 ini.

"Salip-menyalip sama Aditya sampai lap terakhir, tapi saya memanfaatkan kesalahan Aditya yang sedikit keluar lintasan sehingga saya mendapat celah untuk masuk," terang Aldiaz dalam konferensi pers seusai balapan, Minggu (17/11/2019).

 

Hasil Lain

Para pembalap saat akan bersiap di Yamaha Cup Race 2019 yang berlangsung di sirkuit Bukit Peusar (Liputan6.com/Windi W)

Aldiaz menorehkan waktu 12 menit 1,490 detik setelah melahap 12 lap. Aditya mencatatkan waktu 12 menit 1,585 detik. Yusril Ihza Mahendra dari Sumatera Utara finis ketiga kelas YCR2 4T 150cc (novice).

Di kelas paling bergengsi YCR1 4T 150cc (expert), pembalap asal Sulawesi Selatan, Herman Bass, finis terdepan. Herman Bass menorehkan waktu 15 menit 6,722 detik setelah melalui 15 lap dengan waktu lap terbaik 59,757 detik.

Syamsul Arifin dari Daerah Istimewa Yogyakarta berada di tempat kedua kelas YCR1 4T 150cc (expert). Kemudian pembalap Jawa Tengah, Reza Hanum menyusul di tempat ketiga dengan catatan waktu 15 detik 10,763 detik.

 

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imam Besar Istiqlal Sebut Larangan Salam Lintas Agama untuk Kerukunan Umat Beragama

Posted: 16 Nov 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menanggapi soal imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur yang tidak merekomendasikan salam lintas agama. Menurut dia, imbauan MUI Jatim tersebut bertujuan untuk menciptakan kerukunan antara umat beragama.

"Ya fatwa majelis ulama itu kita harus ambil substansinya. Tujuan MUI membuat fatwa itu sebetulnya ingin menciptakan kerukunan internal umat beragama, dan antar beragama, dan antar umat beragama dengan pemerintah," kata Nasaruddin di Sarinah Jakarta Pusat, Minggu (17/11/2019).

Dia mengingatkan agar seluruh pihak menahan diri pernyataan-pernyataan yang dapat menimbulkan konflik antar masyarakat. Menurut Nasaruddin, alangkah baiknya apabila semua pihak menghindari narasi yang memicu konflik.

"Semua harus membatasi diri dalam memberikan suatu statemen, tanpa mengurangi kebebasan publik untuk berpendapat. Tapi kita perlu kearifan untuk membangun bangsa besar seperti ini," jelasnya.

Larangan MUI Jatim

Sebelumnya, Ketua Umum MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori menyampaikan sesuai dengan pertemuan atau Rakernas MUI di NTB, merekomendasikan tidak boleh salam sederet semua agama yang dibacakan oleh pejabat.

Dan pihaknya telah menandatangani atau membuat seruan itu karena doa itu adalah ibadah. Misalnya salam, Assalamualaikum itu doa, salam itu termasuk doa dan doa itu ibadah.

"Menyebut Assalamualaikum itu doa, semoga Allah memberi keselamatan kepada kamu sekalian dan itu salam umat Islam. Jadi ketika umat muslim bertemu itu diawali dengan itu, semoga mendapat keselamatan yang diberikan oleh Allah," tuturnya, Senin, 11 November 2019.

Dia mengatakan, agama lain dan kelompok aliran juga punya salam. Misalnya pejabat, seorang gubernur, seorang presiden, wakil presiden, para menteri, kalau dia agamanya muslim ya pakai salam assalamualaikum.

Dia mengatakan, menggunakan salam campuran itu mencampuradukkan agama atau pluralisme agama itu tidak boleh.

"Saya terangkan di dalam tausyiah agama itu tidak boleh. Karena agama itu eksklusif, karena keyakinan itu adalah sistem, agama itu sistem keyakinan dan agama punya sistem ibadah sendiri - sendiri," ucapnya.

Sedangkan kaitannya dengan toleransi, pihaknya setuju dalam perbedaan, saling menghormati dan menghargai.

"Bukan berarti kalau orang salam nyebut semua itu wujud kerukunan. Itu perusak kepada ajaran agama tertentu," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polisi Berkuda Sedot Perhatian Pengunjung CFD

Posted: 16 Nov 2019 08:45 PM PST

Sejumlah warga berfoto dengan polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah warga berfoto dengan polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri mengawasi keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri mengawasi keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri mengawasi keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri mengawasi keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Antusiasme warga saat menyaksikan Polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri yang mengawasi keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Antusiasme warga saat menyaksikan Polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri yang mengawasi keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak berfoto dengan latar polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri yang mengawasi keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak berfoto dengan latar polisi berkuda dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri yang mengawasi keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Polisi berkuda tersebut khusus ditugaskan mengawasi keamanan CFD serta memperkenalkan kepada warga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Albania Vs Prancis: Bidik Juara Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020

Posted: 16 Nov 2019 08:35 PM PST

Jakarta - Timnas Prancis tetap membidik tiga angka dalam laga melawan Albania, Senin (18/11/2019) dinihari WIB di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Walaupun Tim Ayam Jantan Sendiri sudah dipastikan lolos tahun depan.

Di atas kertas, Timnas Prancis diprediksi tak akan menemui hambatan berat meski bermain di kandang Timnas Albania. Pada pertemuan pertama Kualifikasi Piala Eropa 2020, Kylian Mbappe dkk. sukses meraih kemenangan telak 4-1 di Stade de France.

Akan tetapi, performa Prancis tengah angin-anginan. Pada laga sebelumnya, Les Bleus hanya sanggup menang tipis 2-1, itu pun sempat tertinggal lebih dulu saat berhadapan dengan tim lemah, Moldova.

Ambisi menuntaskan target sebagai juara grup juga diprediksi bakal sulit. Pasalnya, Turki yang mengoleksi poin sama dengan Timnas Prancis juga hanya akan berhadapan dengan Andorra.

Timnas Prancis masih akan bermain tanpa penjaga gawang utama, Hugo Lloris, akibat cedera. Beruntung, Antoine Griezmann, Mbappe, dan N'Golo Kante bisa dimainkan.

Timnas Albania bisa berharap pada pengalaman Hysaj dan kiper Berisha. Bermain lepas menjadi satu-satunya keuntungan mereka yang sudah dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Head-to-head dan Performa

Piala Eropa 2020 (UEFA)

Head-to-Head

Pertemuan: 8

Albania menang: 1

Gol Albania: 4

Imbang: 1

Prancis menang: 6

Gol Prancis: 18

5 Pertemuan Terakhir

08-09-2019 Prancis 4-1 Albania (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

16-06-2016 Prancis 2-0 Albania (Piala Eropa 2020)

13-06-2015 Albania 1-0 Prancis (Persahabatan)

15-11-2014 Prancis 1-1 Albania (Persahabatan)

08-10-2011 Prancis 3-0 Albania (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

5 Pertandingan Terakhir Albania

08-09-2019 Prancis 4-1 Albania (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

11-09-2019 Albania 4-2 Islandia (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

12-10-2019 Turki 1-0 Albania (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

15-10-2019 Moldova 0-4 Albania (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

15-11-2019 Albania 2-2 Andorra (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

5 Pertandingan Terakhir Prancis

08-09-2019 Prancis 4-1 Albania (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

11-09-2019 Prancis 3-0 Andorra (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

12-10-2019 Islandia 0-1 Prancis (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

15-10-2019 Prancis 1-1 Turki (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

15-11-2019 Prancis 2-1 Moldova (Kualifikasi Piala Eropa 2020)

Prakiraan Susunan Pemain

Pemain Islandia, Kolbeinn Sigthorsson berebut bola dengan gelandang Prancis, Moussa Sissoko dalam laga lanjutan Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020. di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Jumat (11/10/2019). Timnas Prancis harus susah payah mengalahkan Islandia 1-0. (Jonathan NACKSTRAND/AFP)

Albania (3-5-2): Berisha; Veseli, Djimsiti, Ismajli; Roshi, Memushaj, Ramadani, Ndoj, Hysaj; Manaj, Balaj

Pelatih: Edoardo Reja

Prancis (4-2-3-1): Mandanda; Digne, Lenglet, Varane, Pavard; Tolisso, Kante; Lemar, Griezmann, Mbappe; Giroud

Pelatih: Didier Deschamps

Prediksi Bola.com: Albania 45-55 Prancis 55

Disadur dari: Bola.com (penulis Gregah, editor Aditya, published 17/11/2019)

[vidio:Kualifikasi Piala Eropa: Inggris vs Lithuania 4-0]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura Masuk Peringkat ke-11 Sebagai Kota Terindah di Dunia

Posted: 16 Nov 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Singapura baru-baru ini dinobatkan sebagai kota terindah ke-11 di dunia, dalam daftar 50 kota yang disusun oleh agensi perjalanan online Flight Network yang berbasis di Kanada. Dalam daftar itu, Paris menempati posisi pertama, New York dan London di tempat kedua dan ketiga.

Melansir dari Strait Times, Sabtu, 16 November 2019, Singapura merupakan kota di Asia dengan peringkat tertinggi, diikuti oleh Tokyo di posisi ke-18 dan Hong Kong di posisi ke-24.

Sementara itu, kota-kota di Asia Tenggara, seperti Hanoi dan Bangkok juga masuk dalam daftar, masing-masing berada di urutan ke-37 dan ke-43. Hasil itu berdasarkan dari suara lebih dari 1.000 jurnalis, blogger, dan agensi di seluruh dunia.

Mereka diminta untuk mempertimbangkan kota mana yang memiliki kombinasi terbaik, antara keindahan alam dan keindahan buatan manusia, penjajaran alam dan arsitektur, budaya kota, dan cuaca setempat.

Oleh karena itu, beragam tujuan yang ditampilkan dalam daftar, jalan-jalan yang ramai di Dubai ke Roma, jantung bersejarah Italia.

Lokasi-lokasi pembuatan film yang terkenal juga disoroti, seperti kota Dubrovnik yang indah di Kroasia, dengan benteng-benteng kuno yang menjadi latar belakang serial televisi populer Game Of Thrones.

Daftar 15 Kota Terindah di Dunia

Setidaknya ada 100 kedai makanan khas Singapura yang bisa dipilih di sini (sumber: commons.wikimedia)

1. Paris, Prancis

2. New York, Amerika Serikat

3. London, Inggris

4. Venesia, Italia

5. Vancouver, Kanada

6. Barcelona, ​​Spanyol

7. Cape Town, Afrika Selatan

8. San Francisco, Amerika Serikat

9. Sidney, Australia

10. Roma, Italia

11. Singapura, Singapura

12. Lisbon, Portugal

13. Amsterdam, Belanda

14. Praha, Republik Ceko

15. Rio de Janeiro, Brasil

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Korban Skuter Listrik Tabur Bunga di GBK Senayan

Posted: 16 Nov 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga korban tewas kecelakaan skuter listrik menggelar tabur bunga di Gate 3 Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Aksi tersebut dilakukan sekaligus mendesak polisi untuk serius menangani kasus yang menewaskan dua orang itu.

"Kita tabur bunga menegaskan keadilan di kasus Amar ini," tutur kakak kandung korban tewas, Alan Darma Saputra di lokasi, Minggu (17/11/2019).

Menurut Alan, ada kejanggalan dalam proses kasus yang menimpa adiknya itu. Menurutnya, Polantas mengatakan bahwa pelaku sempat meminta tolong kepada warga saat kecelakaan terjadi.

Namun menurut keterangan saksi mata dan korban selamat, pelaku malah langsung melarikan diri. "Di situ CCTV nggak bisa dibuka karena CCTV memorinya penuh dan sebagainya," ucap dia.

Di samping itu, lanjut Alan, hal aneh lainnya adalah kekebalan hukum pelaku. Pasalnya, penabrak pengguna skuter listrik itu tidak ditahannya hingga saat ini.

"Padahal sudah membunuh dua orang dengan berkendara dalam keadaan mabuk. Diwajibkan hanya wajib lapor saja," kata Alan.

"Polisi terkesan seperti melambatkan proses hukum ini," lanjutnya.

Selain itu, Alan menyebut, Berita Acara Pemeriksaan (BAP) para korban selamat kecelakaan skuter listrik juga tidak boleh diambil salinannya oleh pihak kepolisian. "Dia sudah melakukan BAP tapi BAP-nya tidak boleh di-copy itu dia. Gak ngerti ini polisi kenapa seperti menutup-nutupi," tandasnya.

Kecelakaan Skuter Listrik

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Skuter listrik dilarang digunakan saat CFD karena dianggap masih menggunakan motor sehingga tak bisa disesuaikan dengan sepeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dua pengemudi GrabWheels atau skuter listrik di sekitaran Gelora Bung Karno (GBK) tewas ditabrak mobil, Minggu 10 November 2019 sekira pukul 03.45 Wib. Korban berinisial A dan W. Kedua korban ditabrak oleh DH saat mengemudi dalam keadaan mabuk.

"Kronologisnya adalah pada saat DH ini mengemudikan kendaraan mobil Camry pada saat dia mau menyalip kendaraan mini bus yang ada di depannya di jalan pintu 1 Senayan, pada saat mau menyalip ke arah jalur sebelah kiri ternyata akhirnya menabrak tiga pengendara dari skuter," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Mudah Merawat Charger Smartphone Agar Tak Cepat Rusak

Posted: 16 Nov 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat charger smartphone agar tak cepat rusak sangat penting dipahami. Apalagi, sekarang ini perawatan terhadap charger smartphone sering dianggap sepele. Padahal charger merupakan salah satu bagain penting bagi smartphone. 

Bagian-bagian charger seperti kepala charger dan kabel sangat rentan rusak. Misalnya jika charger sering terjatuh, maka bukan tidak mungkin kepala charger akan rusak dan tidak berfungsi. Selain itu, kabel charger juga kerap kali mengalami masalah seperti hampir putus.

Cara merawat charger smartphone bisa dengan menggunakan alat tambahan dan memperhatikan penggunaan sehari-hari. Dengan mengikuti tips tersebut, charger kamu dijamin tidak akan cepat rusak. Asalkan kamu merawatnya dengan baik charger smartphone tentu akan awet dan tahan lama.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/11/2019) tentang cara merawat charger smartphone agar tak cepat rusak

Gulung Kabel dengan Benar dan Selotip Bagian Ujung Kabel

Menggulung Kabel Charger Smartphone

Gulung Kabel dengan Benar

Cara merawat charger smartphone yang pertama adalah dengan menggulung kabelnya dengan benar. Banyak orang yang membiarkan saja kabel chargernya atau melipatnya, hal ini dapat dapat mengakibatkan susunan komponen halus di dalam kabel charger putus dan rusak.

Oleh karena itu, gulunglah kabel charger kamu dengan tidak terlalu ketat sehingga komponen di balik pelapis karetnya tidak tertekuk.

Selain itu penggunaan penjepit kabel akan sangat berguna. Meski bentuknya sangat kecil, tapi penjepit kabel bisa menjadi salah satu penyelamat charger dari kerusakan. Gulung kabel charger-mu dengan baik, misalnya gulung melingkar lalu jepit dengan penjepit kabel. Dengan begitu charger-mu akan aman dan tidak mudah rusak.

Selotip Bagian Ujung Kabel

Biasanya kerusakan pada charger terjadi di bagian ujung kabel. Entah karena sering terlipat atau bergesekan, membuat bagian ujung charger mudah terkelupas dan patah. Untuk itu sebaiknya gunakan pelindung dibagian ujung kabel agar charger tetap aman.

Untuk itu, kamu bisa melilitkan selotip pada ujungnya. Jika tidak ingin terlihat asal-asalan, kamu juga bisa membeli pelindung ujung kabel yang sudah banyak dijual dimana-mana.

Gunakan Cable Protector dan Jangan Letakkan Charger di Tempat Tinggi

Kepala charger. Liputan6.com/Iskandar

Gunakan Cable Protector

Cara merawat charger selanjutnya masih terkait dengan kabelnya, yaitu dengan menggunakan Cable Protector. Banyak orang yang menganggap sepele fungsi dari Cable Protector ini. Padahal Cable Protector ini sangat berguna dalam menjaga charger smartphone agar tak cepat rusak.

Apalagi dengan berbagai warna yang ditawarkan, kamu tentunya akan semakin tertarik. Harga Cable Protector pun terbilang murah. Jadi kamu tidak perlu mencemaskan keawetan charger lagi bila sudah menggunakan Cable Protector ini.

Jangan Letakkan Charger di Tempat Tinggi

Dalam menjaga kepala charger agar tidak cepat rusak, kamu harus menghindari benturan. Jika terlalu sering terbentur ke lantai, bagian dalam kepala charger tentunya sedikit banyak akan terpengaruh dan mengakibatkan kerusakan.

Oleh karena itu, hindari meletakkan charger di tempat tinggi agar tidak jatuh, retak atau pecah. Selain itu, jauhkanlah charger dari air dan makanan. Hal ini dimaksudkan agar charger tidak kemasukan air atau makanan yang juga dapat membuatnya rusak.

Penggunaan Charger

Gunakan Charger Asli / Sumber: iStockphoto

Jangan Gunakan Smartphone saat Mengisi Daya

Menggunakan smartphone saat mengisi daya mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Kebiasaan yang satu ini harus kamu tinggalkan jika ingin charger smartphone tetap awet dan tahan lama.

Tidak hanya membuat smartphone cepat rusak, charger pun juga akan cepat rusak karenanya. Pasalnya kabel akan cenderung cepat bengkok saat kita memainkannya saat diisi daya apalagi sambil rebahan. 

Tidak Mengisi Daya Terlalu Lama

Selain membantu dalam penghematan energi, mencabut charger setelah melakukan isi daya dapat membuat charger-mu lebih awet. Karena listrik akan terus mengalir ke charger saat kamu tidak mencabutnya dari stop kontak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu langsung mencabutnya jika telah penuh.

Selain itu, pastikan kamu selalu menggunakan charger asli atau bawaan dari smartphone. Karena setiap smartphone memiliki ketegangan arus yang berbeda, maka sebaiknya memang gunakan kabel bawaan karena dari produsen smartphone tersebut. Sebab charger tersebut memiliki standar tertentu berapa besar arus yang mampu ditampung oleh smartphone kamu.

Tidak Menggunakan Charger untuk Banyak Smartphone

Kebanyakan orang menggunakan charger-nya di banyak smartphone. Alasannya, karena charger tersebut kompatibel dengan smartphone lainnya. Charger smartphone khususnya Android sekilas memiliki satu tipe port yang sama, padahal sebenarnya berbeda. Ada yang versi 2.0, 3.0, dan lain-lain.

Setiap versi port pun memiliki lebar yang berbeda-beda walaupun kompatibel. Hal inilah yang membuat soket atau lubang charger smartphone kamu bisa cepat rusak. Untuk itu, agar charger smartphone kamu selalu awet, kurangi penggunaannya di banyak smartphone.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benzema Marah pada Presiden Federasi Sepakbola Prancis

Posted: 16 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Paris - Striker Real Madrid Karim Benzema menanggapi kritik dari Presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF) Noel Le Graet. Benzema marah dengan ucapan Le Graet yang menyebut kebersamaannya dengan timnas Prancis sudah berakhir.

Benzema tidak bermain untuk Timnas Prancis sejak 2015. Namanya dicoret menyusul kontroversi yang melibatkan mantan rekan setim internasional Mathieu Valbuena.

Manajer timnas Prancis Didier Deschamps baru-baru ini menyatakan bahwa ia tidak melihat jalan untuk Benzema kembali ke timnas. Dan, hal itu disuarakan lagi oleh Le Graet, dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan RMC Sport.

"Benzema adalah pemain hebat, saya tidak pernah mempertanyakan itu, dan dia membuktikan bahwa musim ini bersama Real Madrid," katanya. "Namun petualangannya dengan Prancis sudah berakhir."

Benzema merespons dengan marah pernyataan Le Graet itu. Ia menanggapinya dengan menge-Tweet yang ditujukan pada keputusan Deschamps.

Tangapan Benzema.

Para pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Karim Benzema ke gawang Eibar pada laga La Liga Spanyol di Stadion Ipurua, Eibar, Sabtu (9/11). Eibar kalah 0-4 dari Madrid. (AFP/Ander Gillenea)

"Aku pikir kamu (La Graet) tidak akan mengganggu keputusan pelatih?" tulis Benzema.

"Hanya saya yang akan memutuskan kapan karier internasional saya berakhir."

"Tetapi jika Anda pikir saya sudah selesai dengan Prancis, maka mengapa tidak mengizinkan saya bermain untuk salah satu negara lain yang berhak saya ikuti."

"Dan kemudian kita akan lihat."

Pencetak Gol Terbanyak

Dilahirkan di Lyon, Benzema, sebenarnya berhak bermain untuk negara kelahiran orangtuanya, Aljazair. Tapi, dia sebelumnya menolak kesempatan untuk mewakili negara Afrika Utara sebelum debut senior Prancis pada 2007.

Benzema telah mewakili Prancis di setiap level pemuda dari U17 hingga senior. Dan dia saat ini menjadi pencetak gol terbanyak kesepuluh dalam sejarah internasional Prancis, dengan 27 gol dalam 81 pertandingan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST: Bincang Santai Bersama Kepala Kantor Dagang

Posted: 16 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liputan6.com berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Kepala Taipei Economic and Trace Office in Indonesia (TETO) John C. Chen. Diplomat asal Negeri Formosa ini merupakan kepala perwakilan Taiwan di Indonesia.

Dalam kesempatan bincang santai di program wawancara khusus Liputan6.com The Ambassador beberapa waktu lalu, John C. Chen pun banyak bercerita. Mulai dari hubungan bilateral antar Indonesia dengan Taiwan, isu terkini soal demo Hong Kong hingga perjuangan Taiwan untuk bergabung dengan WHO dan ICAO yang kerap dijegal.

Soal kerja sama pendidikan juga tak luput dalam bincang-bincang tersebut. Di mana salah satu jurnalis Liputan6.com meraih beasiswa dari Negeri Formosa selama 6 bulan.

Dengarkan bincang santai Liputan6.com bersama John C. Chen selengkapnya dalam podcast di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemandu Lagu Asal Lampung Tewas Mengenaskan di Bogor

Posted: 16 Nov 2019 08:28 PM PST

Patroli, Jakarta - Petugas dari Polsek Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, masih memeriksa rumah kontrakan di Desa Dayeuh, Cileungsi, Bogor, setelah penemuan jasad seorang wanita pemandu lagu karaoke di tempat ini.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (17/11/2019), saat ditemukan, di sekeliling tubuhnya ditemukan ceceran darah.

Polisi masih menyelidiki penyebab tewasnya wanita bernama Nesi Iriyani alias Lola yang berasal dari Lampung tersebut.

Untuk mengetahui penyebab tewasnya, polisi membawa jenazah ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk diautopsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Idham Azis Larang Polisi Pamer Kemewahan

Posted: 16 Nov 2019 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mabes Polri mengeluarkan Surat Telegram Nomor: ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVPROPAM. Sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Idham Aziz, arahan tersebut terkait peraturan disiplin anggota Polri soal kode etik profesi.

Surat Telegram dibenarkan Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit.

"Sehubungan dengan ref tersebut di atas, disampaikan kepada KA bahwa Polri sebagai alat negara bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat harus mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih melalui penerapan pola hidup yang sederhana dengan tidak bergaya hidup mewah, menunjukkan hedonisme dalam kehidupan sehari-hari, baik di internal institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (17/11/2019).

Masih dalam isi Surat Telegram, berkaitan dengan hal tersebut di atas, Pegawai Negeri pada Polri harus menyesuaikan kemampuan ekonomi sebagai cerminan sifat prihatin untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, dalam rangka mewujudkan aparatur negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotime, agar memedomani pola hidup sederhana.

1. Tidak menunjukkan, memakai, memamerkan barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari baik dalam interaksi sosial di kedinasan maupun di area publik.

2. Senantiasa menjaga diri, menempatkan diri pola hidup sederhana di lingkungan institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat.

3. Tidak mengunggah foto atau video pada medsos yang menunjukkan gaya hidup yang hedonis karena dapat menimbulkan kecemburuan sosial.

4. Menyesuaikan norma hukum, kepatutan, kepantasan, dengan kondisi lingkungan tempat tinggal.

5. Menggunakan atribut Polri yang sesuai dengan pembagian untuk penyamarataan.

6. Pimpinan kasatwil, perwira dapat memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik, tidak memperlihatkan gaya hidup yang hedonis terutama Bhayangkari dan keluarga besar Polri.

7. Dikenakan sanksi yang tegas bagi anggota Polri yang melanggar.

Reporter: Nur Habibie

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Pekan Depan: AC Milan vs Napoli

Posted: 16 Nov 2019 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan Liga Italia Serie A akan bergulir lagi pekan depan setelah beberapa pemain menyelesaikan tugas jeda internasional. Sebelumnya, sejumlah pemain yang berkiprah di kompetisi ini, dipanggil untuk membela timnas negaranya masing-masing.

Liga Italia berdasarkan jadwal baru akan bergulir lagi pekan ke depan. Beberapa pertandingan menarik akan tersaji di pekan ke-13 itu.

Salah satu laga menarik adalah pertemuan AC Milan dengan Napoli di San Siro, 24 November 2019 mendatang. Kedua tim saat ini masih terlempar dari papan atas klasemen sementara,

Terlebih, AC Milan yang kini dinakhodai Stefano Pioli. Pelatih baru itu belum mampu mengangkat performa AC Milan.

Dalam lima pertandingan terakhir, AC Milan hanya menang satu kali dan saat ini tercecer di peringkat ke-14 klasemen sementara Liga Italia dengan koleksi 13 poin dari 12 laga.

Jadwal Liga Italia

Sabtu, 23 November 2019

21:00 WIB Atalanta vs Juventus

Minggu, 24 November 2019

00:00 WIB AC Milan vs Napoli

02:45 WIB Torino vs Inter Milan

18:30 WIB Bologna vs Parma

21:00 WIB Sassuolo vs Lazio

21:00 WIB AS Roma vs Brescia

21:00 WIB Verona vs Fiorentina

Jadwal Lain

Senin, 25 November 2019

00.00 WIB Sampdoria vs Udinese

02.45 WIB Lecce vs Cagliari

Selasa, 26 November 2019

02:45 WIB.SPAL vs Genoa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Muhammadiyah Yogyakarta

Posted: 16 Nov 2019 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Hajah Yuliana Kampus Madrasah Mu'Allimin Muhammadiyah, Yogyakarta. Diharapkan keberadaan Masjid Hajah Yuliana menjadi tempat beribadah yang nyaman, sekaligus tempat mengajarkan ilmu keagamaan dan tempat memancarkan nilai-nilai kemuliaan.

"Banyak kita jumpai, masjid yang dibangun sedemikian megah namun tidak dimanfaatkan optimal. Misalnya, hanya segelintir umat yang memanfaatkannya sehingga terkesan ekslusif dan tertutup. Mari kita ramaikan masjid sebagai tempat untuk ber-fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan," ujar Bamsoet dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Hajah Yuliana, Kampus Madrasah Mu'Allimin Muhammadiyah, Yogyakarta, Sabtu (16/11/19).

Turut hadir antara lain Ketua Tim Pengembangan Kampus Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta Prof. Dr. H. Ahmad Syafi'i Ma'arif, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. K.H. Haedar Nashir, mantan Kapolri Badrodin Haiti serta Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengingatkan masjid selain fungsi utamanya sebagai tempat beribadah, bermunajat, dan bertafakur kepada Allah SWT, juga merupakan tempat terbaik untuk menjernihkan hati dan fikiran. Sering tanpa disadari, benak yang penat lantaran dijejali begitu banyak hiruk pikuk persoalan duniawi, terkadang justru menjauhkan diri dari jalan Allah SWT. Masjidlah tempat terbaik untuk menemukan kembali ketenangan jiwa.

"Berbahagialah orang-orang yang diberi kesempatan memuliakan masjid, baik secara lahiriah maupun bathiniyah. Pada saatnya nanti, ketika bangunan Masjid Hajah Yuliana ini telah selesai dibangun, kita semua punya tugas dan tanggungjawab untuk menjaga dan merawatnya agar menjadi tempat yang tetap layak untuk beribadah, tetap terjaga kebersihan dan kesuciannya," kata Bamsoet.

Di samping itu, Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menekankan ikhtiar membangun dan memakmurkan masjid juga dapat diwujudkan melalui pemupukan dan penyebaran nilai-nilai keislaman. Seperti cinta pada kemanusiaan, cinta pada tanah air, cinta pada keadilan dan kebenaran, cinta pada pengetahuan, cinta pada kedamaian, dan lain-lain bentuk kecintaan yang membuat wajah Islam sejuk dan menyejukkan.

"Islam semacam inilah yang semestinya kita terapkan dalam kehidupan keseharian. Islam yang tawasuth (moderat), tawazun (seimbang) dan tasamuh (toleran). Sehingga kita bisa menjadikan islam sebagai Rahmatan-lil-alamin (rahmat bagi semesta)," tandas Bamsoet.

Karena itu, Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menaruh harapan besar agar Masjid Hajah Yuliana yang akan dibangun ini nantinya menjadi masjid yang benar-benar mampu memancarkan cahaya Islam. Menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan umat islam, serta persaudaraan dan kerukunan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Mengingat dewasa ini kita dihadapkan pada tantangan modernitas zaman. Di tengah arus globalisasi yang nyaris mustahil dibendung, ada kekhawatiran bahwa sistem nilai dan adab luhur yang kita bangun dan muliakan, akan menjadi rentan tergerus, tersisihkan, dan pada akhirnya tergantikan oleh nilai-nilai asing yang tidak selaras, atau bahkan menegasikan nilai-nilai ke-Indonesia-an kita," jelas Bamsoet.

Dalam konteks inilah, lanjut Dewan Pakar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini, umat Islam perlu lebih memaknai keberadaan masjid sebagai benteng moral masyarakat. Melalui masjid-masjid yang jumlahnya hampir mencapai satu juta dan tersebar di setiap pelosok tanah air, kini saatnya membangkitkan kembali kesadaran umat untuk memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Pancasila, NKRI, UUD NRI 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Marilah kita ajak dan gerakkan anak-anak kita, generasi muda bangsa kita, untuk kembali ke masjid, dengan menempatkan dan memperlakukan masjid sebagai rumah Allah, tempat kita berpaling ketika gundah, menengadah ketika bermunajat dan berserah diri ke hadirat Ilahi. Sekaligus sebagai tempat mencintai Indonesia lebih dalam lagi," pungkas Bamsoet.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Luksemburg Vs Portugal: Demi Tiket Piala Eropa 2020

Posted: 16 Nov 2019 08:20 PM PST

Jakarta - Luksemburg adalah lawan terakhir Portugal pada kualifikasi Piala Eropa 2020 yang akan menentukan lolos otomatis atau tidaknya sang juara bertahan Portugal. Kemenangan akan menjamin satu tempat di putaran utama. Kehilangan poin berisiko membuat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan disalip oleh Serbia.

Oktober lalu, Portugal mengalahkan Luksemburg 3-0 di Lisbon lewat gol-gol Bernardo Silva, Ronaldo, dan Goncalo Guedes.

Portugal baru saja menang besar enam gol tanpa balas menjamu Lithuania. Ronaldo mencetak hat-trick untuk Portugal. Tiga gol lainnya disumbangkan oleh Pizzi, Goncalo Paciencia, dan Bernardo Silva.

Sementara itu, Luksemburg menyerah 2-3 di kandang Serbia. Gol-gol Gerson Rodrigues dan David Turpel tak cukup untuk menghindarkan Luksemburg dari kekalahan.

Portugal kini memiliki 14 poin di peringkat dua, hanya unggul satu poin atas Serbia (13 poin). Ukraina sudah tak bisa digusur dari posisi teratas dengan poin 19. Luksemburg (4 poin) dan Lithuania (1 poin) sudah tak punya peluang di grup mereka.

Kemenangan atas Luksemburg, atau kegagalan Serbia mengalahkan Ukraina, akan memastikan Portugal finis peringkat dua, menyusul Ukraina lolos otomatis ke putaran utama Piala Eropa 2020. Gagal menang, Serbia bisa bisa mengambil alih posisi mereka.

Portugal sejatinya tetap punya kans di babak play-off, sebagai juara UEFA Nations League Grup A3, andai gagal lolos otomatis dari grupnya. Namun, mereka tentu lebih suka menempuh jalur yang lebih mudah. Untuk itu, Luksemburg pun wajib dikalahkan demi ke Piala Eropa 2020 dengan nyaman.

Data dan Fakta

Piala Eropa 2020 (UEFA)

Prakiraan susunan pemain

Luksemburg (5-4-1): Moris; Carlson, Hall, Gerson, Chanot, Jans; V Thill, Turpel, Philipps, Rodrigues; Deville

Pelatih: Luc Holtz

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Mario Rui, Fonte, Ruben Dias, Ricardo; Pizzi, Moutinho, Ruben Neves; Bernardo Silva, Goncalo Paciencia, Ronaldo

Pelatih: Fernando Santos

5 Pertemuan Terakhir

  • 12-10-2019 Portugal 3-0 Luksemburg (Kualifikasi Piala Eropa)
  • 18-11-2015 Luksemburg 0-2 Portugal (Uji Coba)
  • 16-10-2013 Portugal 3-0 Luksemburg (Kualifikasi Piala Dunia)
  • 08-09-2012 Luksemburg 1-2 Portugal (Kualifikasi Piala Dunia)
  • 11-08-2011 Portugal 5-0 Luksemburg (Uji Coba)

5 Pertandingan Terakhir Luksemburg

  • 06-09-2019 Irlandia Utara 1-0 Luksemburg (Uji Coba)
  • 11-09-2019 Luksemburg 1-3 Serbia (Kualifikasi Piala Eropa)
  • 12-10-2019 Portugal 3-0 Luksemburg (Kualifikasi Piala Eropa)
  • 16-10-2019 Denmark 4-0 Luksemburg (Uji Coba)
  • 15-11-2019 Serbia 3-2 Luksemburg (Kualifikasi Piala Eropa)

5 Pertandingan Terakhir Portugal

  • 08-09-2019 Serbia 2-4 Portugal (Kualifikasi Piala Eropa)
  • 11-09-2019 Lithuania 1-5 Portugal (Kualifikasi Piala Eropa)
  • 12-10-2019 Portugal 3-0 Luksemburg (Kualifikasi Piala Eropa)
  • 15-10-2019 Ukraina 2-1 Portugal (Kualifikasi Piala Eropa)
  • 15-11-2019 Portugal 6-0 Lithuania (Kualifikasi Piala Eropa)

Prediksi Bola.com

Luksemburg 30-70 Portugal

Disadur dari: Bola.com (penulis Aditya W, editor Benediktus, published 17/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,1 Goyang Sabang Aceh

Posted: 16 Nov 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 menggoyang wilayah Sabang, Provinsi Aceh. Sumber BMKG menyebut, gempa terjadi Minggu (17/11/2019) sekitar pukul 08.29 WIB.

Gempa berlokasi di 7.04 Lintang Utara, 95.11 Bujur Timur, 129 km Barat Laut Kota Sabang, Aceh.

Gempa berkedalaman 63 Km dan tidak berpotensi tsunami.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Alasan Super Nyeleneh Penumpang Pesan Ojek Online

Posted: 16 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Layanan ojek online  atau ojol kian mempermudah kehidupan masyarakat, khususnya yang beraktivitas di Ibu Kota. Tidak hanya sebagai layanan untuk mengantar ke suatu tempat, dengan ojek online seseorang juga bisa dengan mudah memesan layanan tersebut untuk membeli sesuatu.

Semakin maraknya penggunaan layanan ojek online nyatanya semakin beragam pula tingkah nyeleneh para pengemudi dan penumpangnya. Namun, segelintir orang memesan ojek online karena alasan yang nyeleneh. Penasaran seperti apa?

Artikel tentang deretan alasan tidak masuk akal penumpang pesan ojek online yang bikin ngakak menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang tujuh momen nyeleneh yang terjadi di acara pernikahan. Sementara artikel terpopuler ketiga tentang manfaat konsumsi jus lemon dan campuran minyak zaitun setiap hari.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Alasan Tak Masuk Akal Penumpang Pesan Ojek Online Ini Bikin Ngakak

Doc: Instagram.com

Hal-hal tak masuk akal sering terjadi dalam kehidupan ojek online. Anda pasti pernah mengalaminya juga bukan?

Biasanya, orang memesan ojek online karena ingin diantar ke suatu tempat. Bisa pula karena ingin minta diantarkan barang.

Namun, orang-orang berikut memesan ojek online karena alasan yang nyeleneh. Tak percaya? Cek saja berikut ini seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

2. Bikin Geleng Kepala, 7 Momen Nyeleneh Ini Terjadi di Acara Pernikahan

Doc: Instagram.com

Momen sakral seperti pernikahan harus dipersiapkan sematang mungkin. Kesalahan tidak boleh terjadi pada pernikahan yang seharusnya berlangsung hikmat dan penuh kebahagiaan.

Meski demikian, tidak semua pernikahan berlangsung kaku. Beberapa pesta pernikahan malah sengaja diadakan dengan menerapkan hal-hal nyeleneh yang membuat orang-orang tertawa.

Selengkapnya...

3. Konsumsi Campuran Jus Lemon dan Minyak Zaitun Tiap Hari, Ini 7 Manfaatnya

Jus lemon | Via: istimewa

Minyak zaitun dan jus lemon keduanya banyak digunakan dalam pengobatan alternatif. Bersama-sama, mereka menawarkan kombinasi kuat vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat.

Jika Anda ingin menambahkan jus lemon dan minyak zaitun dalam konsumsi tiap hari, dosis yang tepat adalah setengah sendok makan masing-masing. Jangan lebih dari satu dosis per hari karena bila terlalu banyak dapat memiliki beberapa efek samping seperti sakit perut dan enamel gigi yang melunak.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia 5 Instansi Terfavorit Pelamar CPNS 2019

Posted: 16 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak terasa telah memasuki beberapa hari, sejak dibuka pada 11 November lalu.

Lowongan CPNS 2019 ternyata menarik banyak perhatian masyarakat. Ini ditandai dengan terus meningkatnya angka pendaftar CPNS hari demi hari.

Pantauan Liputan6.com, status pendaftar CPNS 2019 yang telah membuat akun di portal sscasn.bkn.go.id hingga pekan lalu, sudah ada sebanyak 2.141.757 orang.

Dari jumlah tersebut, 560.233 orang diantaranya sudah mengisi formulir, dan 195.259 orang telah submit formasi CPNS pilihannya.

Pelaksanaan pendaftaran CPNS 2019 tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Hampir seluruh instansi pusat dan daerah membuka formasi CPNS, mulai dari jabatan guru, dokter, hingga jabatan fungsional.

 

5 Instansi Terfavorit Pelamar CPNS 2019

Para peserta CPNS.

Menurut laporan BKN, berikut lima instansi yang jadi favorit pelamar CPNS 2019 hingga Jumat (15/11/2019) pukul 15.43 WIB:

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia : 54.057 orang

2. Kejaksaan Agung : 9.173 orang

3. Pemerintah Provinsi Jawa Timur : 2.758 orang

4. Pemerintah Kab. Bogor : 2.571 orang

5. Kementerian Pertanian : 1.848 orang

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Peralatan Medis Berusia Lebih dari 500 Tahun

Posted: 16 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, London Galeri Wellcome (The Wellcome Galleries) memamerkan peralatan medis kedokteran yang berusia lebih dari 500 tahun. Ini sebuah pameran yang kaya akan objek dengan lebih dari 3.000 item yang melacak sejarah kedokteran. Pameran dibuka di Science Museum, Exhibition Road, Kensington SW & 2DD, Inggris mulai 16 November 2019.

Pengunjung diajak mengeksplorasi sejarah kedokteran di dunia. Dari melihat peralatan medis paru-paru yang terbuat dari besi hingga pemindai MRI pertama di dunia dan model skala rumah sakit tahun 1930-an.

Melansir laman Design Week, Minggu (17/11/2019), pameran peralatan medis ini dirancang oleh artistek Julia Glynn-Smith dari Wilkinson Eyre.

Galeri pertama, Obat-obatan dan Tubuh Manusia, menceritakan asal-usul kedokteran melalui studi awal anatomi. Galeri kedua, Kedokteran dan Perawatan, melihat perkembangan peralatan medis.

Sebut saja pembedahan dan elektroterapi--penggunaan alat terapi dengan memberikan arus listrik bolak–balik pada tubuh yang frekuensinya lebih dari 500.000 cycle/detik, akan tetapi tidak memberikan rangsangan terhadap saraf sensorik dan motorik.

Audio-visual dan Objek Cahaya

Ruang pameran operasi. (iStock)

Galeri ketiga, Kedokteran dan Komunitas, mengeksplorasi infrastruktur negara yang menangani masalah kesehatan, seperti National Health Service dan sistem pembuangan limbah.

Pada galeri Obat-obatan dan Tubuh Manusia, menampilkan serangkaian lilin abad ke-18 dan objek sensitif cahaya lainnya. Ini berarti diperlukan "kontrol lingkungan penuh", menghasilkan ruang pameran yang gelap.

Dua galeri lain, yang terletak di sekitar atrium museum memiliki pencahayaan siang hari. Perbedaannya, ditekankan oleh area yang terang benderang, menyerupai ruangan operasi yang luas.

Julia menciptakan 'kasing jeruji' tanpa bingkai sepanjang 7 meter yang berjajar di balkon. Pengunjung dapat melihat benda-benda di semua sisi, dari tingkat bawah dan  atas serta galeri di seberang jalan.

Ada lebih banyak elemen audio visual sepanjang pameran.

Dalam replika walk-in sel tahun 1930-an, tampak pasien yang disimpan di sel. Dalam galeri Kedokteran dan Perawatan, sebuah etalase interior farmasi awal abad ke-19 telah dipasang dilengkapi audio.

Menyentuh Kulit Manusia

Bisa menyentuh kulit manusia. copyright shutterstock

Ada juga tiga tampilan interaktif dalam instalasi ini. Pengunjung bisa menyentuh kulit manusia yang diletakkan di atas meja apotek. Ini menggunakan teknologi proyeksi untuk memandu pengguna melalui proses membuat obat atau mengidentifikasi zat beracun.

Pameran interaktif lainnya didukung sebuah layar menampilkan proses mendapatkan obat potensial melalui uji coba medis.

Pameran kedokteran ini memiliki empat karya seni yang khusus, termasuk patung perunggu 3,5 meter dari Marc Quinn, yang disebut The Self-Conscious Gene.

Patung yang menjulang dibuat berdasarkan seorang remaja yang menato seluruh tubuhnya setelah ia tahu menderita tumor otak. Ada juga Bloom, instalasi penerangan dari Studio Roso tentang penyakit yang ditularkan melalui udara.

Selami Dunia Kedokteran

Selami dunia kedokteran. Photo by rawpixel.com from Pexels

Melalui pameran kedokteran di Science Museum diharapkan membawa pengunjung menyelami dunia kedokteran. 

"Saya harus bekerja dengan hati-hati dengan para ilmuwan untuk membangun cerita yang diinginkan. Koleksi kami sangat indah," ujar Direktur Masterplan Science Museum, Karen Livingston.

"Kami telah menyatukan ruang lingkup museum sains nasional terbaik dalam arsitektur dan desain yang berpadu dengan galeri seni."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Rektor Minta Alumni Unair Makin Berprestasi dan Beri Manfaat bagi Sesama

Posted: 16 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Rektor IV Universitas Airlangga (Unair), Junaidi Khotib mengharapkan, alumni Unair tetap terus berkontribusi kepada masyarakat dan memberikan nilai-nilai yang dimiliki oleh Unair.

Junaidi menyampaikan hal tersebut saat pembukaan acara reuni dan festival alumni 2019 pada Sabtu, 16 November 2019. Junaidi mengatakan, Universitas Airlangga memiliki dua wajah, yakni di dalam kampus berupa prestasi mahasiswanya upaya meluluskan, dan di luar kampus berupa para alumni yang sudah berpencar ke seluruh penjuru negara bahkan dunia. Ia juga mengapresiasi Unair  telah memiliki banyak alumni dengan citra sangat baik di lingkungan masyarakat.

"Alumni bisa berprestasi lagi, yaitu bisa memberikan banyak manfaat kepada masyarakat di luar sana," ujar dia.

Junaidi juga menuturkan, peringkat Unair secara global menurut QS Rank telah menduduki peringkat 651 dari 26.000 perguruan tinggi yang ada. Universitas Airlangga sudah menjadi 2,7 persen perguruan tinggi terbaik di dunia. Berdasarkan parameter alumni, Universitas Airlangga sudah menjadi 393 terbaik di dunia.

"Kami harapkan alumni tetap terus memberikan kontribusi kepada masyarakat. Memberikan nilai-nilai yang dimiliki oleh Universitas Airlangga yakni sesuai dengan slogannya excellent with morality," tutur dia.

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) ke-47 dan Dies Natalis Universitas Airlangga (UNAIR) ke-65, Unair menggelar acara reuni dan festival alumni 2019 di Airlangga Convention Center, Kampus C. Acara yang bertajuk "Color of UNAIR" itu berlangsung selama dua hari pada 16-17 Agustus 2019.

Serangkaian acara tersebut meliputi bazar pasar rakyar, bazar prestasi oleh setiap fakultas Unair, festival band oleh mahasiswa dan alumni, kreasi seni, pameran, dan guest star. Selain itu, pada Minggu, akan ada mlaku bareng alumni dan bakti sosial khitanan massal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tanggal Ketersediaan iPhone 11 di Indonesia Paling Diburu

Posted: 16 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya iPhone 11 bakal segera dijual secara resmi di Indonesia. iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 akan dijual mulai 6 Desember 2019 melalui jaringan ritel Erajaya.

Berita ini pun paling diburu para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (16/11/2019) kemarin.

Informasi lain yang juga diburu para pembaca datang dari La Lembah Manah, yang merupakan nama dari anak kedua dari Gibran Rakabuming Raka, dan juga cucu ketiga Presiden Jokowi.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. iPhone 11 Segera Resmi Dijual di Indonesia, Kapan?

Ada kabar gembira bagi kamu yang menanti penjualan resmi iPhone 11 di Indonesia. Salah satu distributor gadget terbesar di Tanah Air, Teletama Artha Mandiri (TAM), mengumumkan bakal segera menjual smartphone Apple terbaru itu.

Director Marketing and Communication Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo, memastikan TAM bakal menjual iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 pada 6 Desember 2019 melalui jaringan ritel Erajaya.

"TAM, anak usaha Erajaya Group, akan segera menghadirkan iPhone terbaru dan tercanggih yaitu iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 pada tanggal 6 Desember 2019 melalui jaringan ritel Erajaya (iBox, Erafone and Urban Republic)," kata pria yang karib disapa Koko melalui keterangannya, Sabtu (16/11/2019).

Baca selengkapnya di sini

2. Arti Nama La Lembah Manah Bikin Warganet Penasaran

La Lembah Manah yang merupakan nama anak kedua dari Gibran Rakabuming Raka, dan juga cucu ketiga Presiden Jokowi menuai perhatian warganet.

Kebanyakan dari mereka penasaran dengan arti dari nama La Lembah Manah. Gibran mengaku nama anak keduanya memang sudah disiapkan sejak usai persalinan pada Jumat sore.

Nama La Lembah Manah pun menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Realme Segera Rilis Flagship Smartphone Baru ke Indonesia, Tipe Apa?

Bodi Belakang Realme XT (2). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Realme mengukuhkan diri jadi vendor smartphone terbesar keempat di Indonesia versi IDC per kuartal ke-3 tahun ini.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Realme juga berkomitmen membawa lebih banyak produk smartphone mereka ke Indonesia. Realme bahkan mengkonfirmasi akan merilis flagship smartphone terbarunya ke Tanah Air.

"Berdasarkan data IDC, Realme sekarang di posisi ke-4 top smartphone di Indonesia dengan market share 12,6 persen. Demand dan supply ke masyarakat juga tinggi sehingga kami bisa melangkah lagi, next-nya kami mau membawa perangkat premium," kata Public Relation Manager Realme Indonesia Krisva Agnieszca di Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Din)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demo Perayaan 1 Tahun Gerakan Rompi Kuning Prancis, 147 Orang Ditangkap

Posted: 16 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Paris - Polisi di Paris menangkap 147 orang yang berpartisipasi dalam demonstrasi berujung kekerasan, yang menandai ulang tahun pertama gerakan rompi kuning anti-pemerintah Prancis.

Demonstrasi rompi kuning (gilets jaunes) --merujuk pada rompi visibilitas tinggi yang dikenakan-- berlangsung secara nasional di sejumlah kota di Prancis pada Sabtu 16 November 2019, setahun setelah mereka pertama kali meletus, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (17/11/2019).

Gas air mata dan meriam air digunakan oleh polisi di Paris, tempat ribuan pemrotes memadati jalan.

Para perusuh melakukan beberapa kekerasan terburuk yang pernah dialami 'Kota Mode' dalam beberapa bulan.

Dengan banyak orang berpakaian hitam dan memakai topeng untuk menyembunyikan wajah mereka, para perusuh di beberapa bagian kota membakar barikade, merusak bank-bank, membakar tempat sampah dan melemparkan batu-batu besar ke arah polisi.

Pada Sabtu malam, polisi Paris mengatakan 147 orang telah ditangkap di seluruh ibukota.

Di tempat lain di kota itu, para demonstran dan polisi bentrok di dekat Porte de Champerret, dekat dengan Arc de Triomphe.

Ada juga bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa di kota-kota Prancis lain, termasuk Bordeaux, Nantes dan Lyon.

Sekilas Gerakan Rompi Kuning

Demonstran rompi kuning berujuk rasa di malam tahun baru 2019 di Paris, Prancis (AFP PHOTO)

Protes nasional dimaksudkan untuk mengirim pesan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang pemerintahnya dituduh mengabaikan kebutuhan warga negara biasa.

Protes pertama kali meletus pada November 2018 karena kenaikan harga bahan bakar, tetapi telah bermanifestasi menjadi kritik meluas terhadap pemerintah, termasuk upah yang stagnan, biaya hidup dan ketidaksetaraan ekonomi.

Presiden Macron berusaha untuk memadamkan protes dengan janji pemotongan pajak, pensiun yang lebih tinggi dan reformasi, tetapi banyak yang masih merasa dia belum melakukan tindakan yang cukup.

Ia telah bersumpah untuk menghadapi para pengunjuk rasa dan memenuhi janji reformasi ekonomi yang telah lama tertunda.

Namun, ia justru melakukan tindakan yang paling tidak populer di awal masa kepresidenannya dengan menghapus pajak kekayaan khusus.

Para pemrotes rompi kuning menuduh Macron melindungi elite Paris, terutama yang kaya, sambil mengabaikan kesulitan warga di provinsi-provinsi.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indra Bekti dan Istri Jalani Proses Bayi Tabung Untuk Tambah Momongan

Posted: 16 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indra Bekti dan istrinya Aldila Jelita berencana untuk menambah momongan lagi. Namun kali ini, untuk menambah momongan Indra bekti menggunakan proses bayi tabung, dan bukan dengan cara alami seperti anak-anak sebelumnya.

Hal itu diketahui lewat unggahan Indra Bekti melalui akun Isntagramnya saat sang istri jalani pemeriksaan proses bayi tabung.

"Bismillahirrohmanirrohim , hari ini bunda @dhila_bekti akan diambil telurnya untuk nanti dikawinkan dengan spermaku," tulis Indra Bekti, Sabtu (16/11/2019).

Minta Doa

Momen Kebersamaan Indra Bekti dan Aldilla Jelita yang Romantis (sumber:Instagram/indrabekti)

Tak lupa Indra Bekti meminta doa kepada warganet agar diberikan kelancaran dalam menjalani proses bayi tabung.

"Mohon doanya ya guys #indrabekti #dhilabekti #morulaivf #bayitabung," tulsinya lagi.

Komentar Para Selebritis

Foto Instagram

Beberapa artis mengomentari unggahan Indra Bekti dengan mendoakan keduanya agar diberikan kelancaran dalam menjalani proses bayi tabung.

"Lancar lancar lancar @indrabekti @dhila_bekti," tulis Tya Ariestya

"@indrabekti @dhila_bekti bismillah yaaa," tulis Sinyorita

"Bismillah," tulis Artika Saridevi

Komentar Warganet

Momen Kebersamaan Indra Bekti dan Aldilla Jelita yang Romantis (sumber:Instagram/indrabekti)

Warganet juga ikut mendoakan kelancaran proses bayi tabung yang dijalani oleh Indra Bekti dan Aldila.

"Bismillah , Aamiin Aamiin Aamiin Yaa Robball Allaamiin..Smg Berhasil Mas Indra Bekti," tulis akun @innekeyonilestari.

"Bismillah kak,,smoga lancar dan dipermudah semyany,,aamiin #dhilabekti #indrabekti," trulis akun @juliasetya.

Tentang Indra Bekti dan Istri

Momen Kebersamaan Indra Bekti dan Aldilla Jelita yang Romantis (sumber:Instagram/indrabekti)

Seperti diketahui Indra Bekti telah dikaruniai 3 orang anak, Dafania Sahira Indrabekti, Amabell Eleanor Indrabekti, dan Kenward Athar Indrabekti. Namun satu di antaranya, Kenward Athar Indrabekti meninggal dunia setelah beberapa menit terlahir ke dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Road To IEL Yogyakarta Day 2

Posted: 16 Nov 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada kesempatan kali ini Road To IEL University Super Series 2020 diselenggarakan di kota Yogyakarta selama 2 hari.

Gelaran Road To IEL Yogyakarta ini sudah memasuki hari kedua, setelah gelaran pertama diadakan pada 16 November lalu. Liga eSports ini bakal mempertandingkan dua gim, yaitu Dota 2 dan Free Fire Competition.

Event ini diadakan di Ling Lung Cafe, Sleman, Yogyakarta dan diikuti peserta dari kampus Universitas Kristen Duta Wacana.

Saksikan Live Streaming Road To IEL Yogyakarta pada, Minggu 17 November 2019 pukul 12.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Kosovo Vs Timnas Inggris: Laga Formalitas The Three Lions

Posted: 16 Nov 2019 07:55 PM PST

London - Dua wakil Grup A dari Kualifikasi Piala Eropa 2020 telah dipastikan, Timnas Inggris adalah satu di antaranya. Three Lions jadi juara grup, sedangkan Republik Ceska sebagai runner-up.

Timnas Inggris akan main tandang melawan Kosovo pada laga terakhir mereka di Grup A Kualifikasi EURO 2020, Senin (18/11/2019). Di partai lainnya, Republik Ceko akan melawat ke Bulgaria.

Pada laga sebelumnya, yang merupakan laga ke-1000 mereka di pentas internasional, Inggris menghajar Montenegro tujuh gol tanpa balas. Kapten Harry Kane memborong tiga. Masing-masing satu gol disumbangkan oleh Alex Oxlade-Chamberlain, Marcus Rashford, dan Tammy Abraham. Satu gol lainnya didapatkan lewat bunuh diri pemain lawan.

Kemenangan di Wembley itu memastikan Inggris lolos otomatis ke EURO 2020 dengan satu laga tersisa. Republik Ceko, yang menang 2-1 atas Kosovo, juga lolos otomatis dari Grup A.

Inggris memiliki 18 poin di posisi teratas, unggul tiga poin atas Ceko (15) di posisi dua. Inggris sudah pasti jadi juara grup, berkat keunggulan head-to-head mereka, meski akhirnya finis dengan poin sama.

Sementara itu, Kosovo punya 11 poin di peringkat tiga. Montenegro dan Bulgaria sama-sama baru mengumpulkan poin tiga. Kosovo akan ke play-off sebagai juara UEFA Nations League Grup D3.

Bulan September lalu, yang menandai pertemuan perdana mereka, Inggris mengalahkan Kosovo 5-3 di Southampton. Raheem Sterling dan Kane menyumbang masing-masing satu gol, sedangkan Jadon Sancho memborong dua. Kosovo mencetak tiga gol lewat Valon Berisha (2) dan Vedat Muriqi, juga mencetak satu gol bunuh diri melalui Mergim Vojvoda.

Untuk laga kali ini, sang pelatih Gareth Southgate mengindikasikan akan melakukan beberapa perubahan pada komposisi pemainnya. Sterling, yang di-drop di laga sebelumnya akibat konflik dengan Joe Gomez, bisa dipasang dari menit awal.

Three Lions sudah lolos dan juara grup, tetapi mereka sepertinya tidak bakal melepaskan laga nanti begitu saja. Lolos dengan meyakinkan menjadi modal utama Timnas Inggris untuk tampil pada Piala Eropa 2020.

Data dan Fakta

Piala Eropa 2020 (UEFA)

Prakiraan susunan pemain

Kosovo (4-2-3-1): Muric; Kololli, Aliti, Rrahmani, Vojvoda; V Berisha, Halimi; Rashica, Celina, Hadergjonaj; Nuhiu

Pelatih: Bernard Challande

Inggris (4-3-3): Pope; Rose, Gomez, Mings, Trippier; Maddison, Henderson, Rice; Hudson-Odoi, Abraham, Sterling

Pelatih: Gareth Southgate

5 Pertandingan Terakhir Kosovo

  • 07-09-2019 Kosovo 2-1 Ceko (Kualifikasi EURO)
  • 11-09-2019 Inggris 5-3 Kosovo (Kualifikasi EURO)
  • 10-10-2019 Kosovo 1-0 Gibraltar (Friendly)
  • 15-10-2019 Kosovo 2-0 Montenegro (Kualifikasi EURO)
  • 15-11-2019 Ceko 2-1 Kosovo (Kualifikasi EURO)

5 Pertandingan Terakhir Inggris

  • 07-09-2019 Inggris 5-0 Bulgaria (Kualifikasi EURO)
  • 11-09-2019 Inggris 5-3 Kosovo (Kualifikasi EURO)
  • 12-10-2019 Ceko 2-1 Inggris (Kualifikasi EURO)
  • 15-10-2019 Bulgaria 0-6 Inggris (Kualifikasi EURO)
  • 15-11-2019 Inggris 7-0 Montenegro (Kualifikasi EURO)

Prediksi Bola.com

Kosovo 30-70 Inggris

Disadur dari Bola.net (Penulis, Gia Yuda Pradana, published 17/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Transformasi Olivia Jensen, Bukti Cantik Sedari Dulu

Posted: 16 Nov 2019 07:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Artis cantik Olivia Jensen Lubis pasti sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Wanita blasteran Denmark-Batak ini dikenal sebagai aktris, model, presenter dan juga desainer. Olivia mengawali kariernya dengan debut film layar lebar berjudul "Bukan Cinta Biasa" yang mulai ditayangkan di bioskop awal Mei 2009 silam. 

Saat mengawali kariernya, penampilan artis cantik Olivia Jensen cukup berbeda seperti yang sering dilihat saat ini. Muncul di film layar lebar "Bukan Cinta Biasa", Olivia punya penampilan tomboy dengan gaya rambut cepak seperti laki-laki.

Meski demikian, saudara kembar dari Sabrina Jensen ini tetap memiliki pesona cantik dan imut. Kariernya meningkat sebagai foto model di berbagai Majalah remaja dan Tabloid terkemuka serta menjadi bintang dalam berbagai acara televisi. 

Meniti karier sebagai publik figur sejak 2009, pada 2014 lalu Olivia Jensen menikah dengan seorang pria bernama Arief Purnama di Yunani. Menikah dengan seorang pengusaha, kehidupan pribadi Olivia cukup jarang terekspos. Dari perniakhannya tersebut, kini Olivia tengah sibuk berperan menjadi ibu dari putri cantiknya yang diberi nama Aurora Jensen Purnama. 

Penasaran bagaimana trandformasi penampilan artis cantik ini? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instargam @oliviajensen, 7 potret transformasi Olivia Jensen Lubis yang sudah cantik sejak dulu, Minggu (17/11/2019). 

1. Penampilan Olivia Jensen saat awal debut di film layar lebar dengan gaya rambut pixie.

Sempat tampil dengan gaya rambut tomboy, transformasi Olivia Jensen tetap cantik hingga kini memiliki satu anak. (Sumber: Instagram/@oliviajensen)

2. Meski dengan potongan rambut pendek, Olivia Jensen tetap cantik.

Sempat tampil dengan gaya rambut tomboy, transformasi Olivia Jensen tetap cantik hingga kini memiliki satu anak. (Sumber: Instagram/@oliviajensen)

3. Setelah berperan dalam film penampilannya mulai berubah

Sempat tampil dengan gaya rambut tomboy, transformasi Olivia Jensen tetap cantik hingga kini memiliki satu anak. (Sumber: Instagram/@oliviajensen)

4. Penampilannya semakin anggun dan memesona.

Sempat tampil dengan gaya rambut tomboy, transformasi Olivia Jensen tetap cantik hingga kini memiliki satu anak. (Sumber: Instagram/@oliviajensen)

5. Olivia Jensen menikah dengan Arief Purnama pada 7 Mei 2014 silam.

Sempat tampil dengan gaya rambut tomboy, transformasi Olivia Jensen tetap cantik hingga kini memiliki satu anak. (Sumber: menaralighthouse.com)

6. Berselang 3 tahun dari pernikahannya, Olivia dikaruniai putri cantik yang lahir pada 7 Juli 2017.

Sempat tampil dengan gaya rambut tomboy, transformasi Olivia Jensen tetap cantik hingga kini memiliki satu anak. (Sumber: Instagram/@oliviajensen)

7. Momen Olivia bersama suami, anak dan keluarganya yang tengah bersiap berlibur di Pulau Dewata, Bali.

Sempat tampil dengan gaya rambut tomboy, transformasi Olivia Jensen tetap cantik hingga kini memiliki satu anak. (Sumber: Instagram/@oliviajensen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Skuter Listrik Dilarang Digunakan Saat CFD

Posted: 16 Nov 2019 07:45 PM PST

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Skuter listrik dilarang digunakan saat CFD karena dianggap masih menggunakan motor sehingga tak bisa disesuaikan dengan sepeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Skuter listrik dilarang digunakan saat CFD karena dianggap masih menggunakan motor sehingga tak bisa disesuaikan dengan sepeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Dinas Perhubungan DKI Jakarta melarang penggunaan skuter listrik di kawasan CFD. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Dinas Perhubungan DKI Jakarta melarang penggunaan skuter listrik di kawasan CFD. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga membawa skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019).  Skuter listrik dilarang digunakan saat CFD karena dianggap masih menggunakan motor sehingga tak bisa disesuaikan dengan sepeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga membawa skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Skuter listrik dilarang digunakan saat CFD karena dianggap masih menggunakan motor sehingga tak bisa disesuaikan dengan sepeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Dinas Perhubungan DKI Jakarta melarang penggunaan skuter listrik di kawasan CFD. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Dinas Perhubungan DKI Jakarta melarang penggunaan skuter listrik di kawasan CFD. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Skuter listrik dilarang digunakan saat CFD karena dianggap masih menggunakan motor sehingga tak bisa disesuaikan dengan sepeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengendarai skuter listrik saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/11/2019). Skuter listrik dilarang digunakan saat CFD karena dianggap masih menggunakan motor sehingga tak bisa disesuaikan dengan sepeda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LGBT Dilarang Daftar CPNS Kejaksaan, LBH: Ini Diskriminatif

Posted: 16 Nov 2019 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 Kejaksaan RI menuai sorotan. Sebab, salah satu syarat disebutkan pelamar tidak boleh memiliki kelainan orientasi seksual.

Dikutip dari laman rekrutmen.kejaksaan.go.id, pelamar tidak buta warna, baik parsial maupun total; tidak cacat fisik; dan tidak cacat mental, termasuk kelainan orientasi seks dan kelainan perilaku (transgender).

Direktur Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat Ricky Gunawan menilai, pemerintah memiliki kebencian sekaligus ketakutan terhadap homoseksual. Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencabut homoseksual dari daftar gangguan jiwa.

Demikian pula dalam Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa edisi III Kementerian Kesehatan 1993, homoseksual sebagai gangguan jiwa telah dihapus.

"Persyaratan rekrutmen (CPNS) yang tidak menerima LGBT adalah persyaratan diskriminatif," katanya dikutip dari JawaPos.com, Minggu (17/11/2019).

Merekrut dan menempatkan seseorang ke dalam fungsi kerja tertentu, lanjut dia, berdasar kompetensi.

"Menolak seseorang diterima kerja hanya karena orientasi seksual atau identitas gendernya adalah wujud diskriminasi langsung," tandasnya.

Padahal, dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 2 tertulis, tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan layak bagi kemanusiaan. Ditambah, pada pasal 38 ayat 1 sampai 4 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia diatur soal hak-hak semua manusia atas pekerjaan.

Respons Menpan RB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menuturkan, penyusunan persyaratan adalah kebijakan instansi masing-masing. Sebab, Peraturan Men PAN-RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Pengadaan CPNS 2019 tidak mengatur syarat spesifik.

"Biasanya yang menjadi pertimbangan (instansi) berdasarkan jenis jabatan/jenis pekerjaannya," kata Tjahjo.

Terkait persyaratan spesifik lainnya, dia meminta bisa menanyakan kepada panitia di instansi masing-masing. Dengan begitu, dapat diketahui secara pasti latar belakang pertimbangan syarat khusus tersebut.

Namun, Tjahjo mengatakan, terkait syarat-syarat yang dipandang tidak menguntungkan para penyandang disabilitas, rencananya dikeluarkan surat edaran menteri pada Senin (18/11) kepada instansi pemerintah untuk melihat atau meninjau kembali persyaratan yang telah dikeluarkan tersebut.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono mengungkapkan, sempat ada pembahasan antar kementerian/lembaga di kantor Kementerian PAN-RB terkait syarat tersebut. Namun, dia mengaku tidak menghadiri rapat. "Kesimpulannya belum update," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Eza Gionino Bareng Nichole Zalya Buah Hatinya, Sweet Banget

Posted: 16 Nov 2019 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-bari ini artis Eza Gionino mengalami sebuah kejadian yang kurang menyenangkan. Artis berusia 29 tahun itu menjadi korban penipuan, lalu mendapatkan ancaman yang cukup mengerikan dari sang pelaku. Eza Gionino mendapatkan ancaman bahwa anak dan keluarganya akan dibunuh. 

Hal ini diketahui publik dari postingan video Eza di akun Instagram pribadinya. Tak hanya itu saja, pemain 'Aku, Kau dan Kua' itu juga mengunggah beberapa foto percakapan dirinya dan sang pelaku.

Artis tampan Eza sendiri mengaku tak takut atas ancaman itu. Sementara itu, Eza sudah mengumpulkan semua bukti yang diperlukan untuk membawa kasus ini ke jalur hukum. Hal ini dilakukan pria kelahiran Samarinda tersebut untuk melindungi keluarganya, khususnya sang buah hati.

Artis Eza Gionino sendiri sekarang ini sedang menikmati perannya menjadi ayah. Anak pertama Eza dan Meiza lahir pada 25 Juni 2019. Bayi cantik ini diberi nama Nichole Zalya Gionino. Meski memiliki banyak kesibukan, aktor san DJ ini selalu menyempatkan diri quality time dengan sang buah hati.

Berikut 6 momen Eza Gionino Bareng Nichole Zalya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/11/2019).

1. Eza terlihat sangat menikmati perannya sebagai ayah. Ditengah padatnya kesibukan, ia selalu menyempatkan diri bermain dengan putri kecilnya Nichole.

Momen Eza Gionino Bareng Nichole Zalya (sumber: Instagram/ezagio)

2. Baru berumur 4 bulan, begini kebersamaan Eza Gionino dan baby Nichole. Anak pertama Eza dan Meiza ini kini lagi aktif-aktifnya dan suka ngajak main.

Momen Eza Gionino Bareng Nichole Zalya (sumber: Instagram/ezagio)

3. Kehadiran Nichole semakin melengkapi rumah tangga Eza yang baru berjalan setahun.

Momen Eza Gionino Bareng Nichole Zalya (sumber: Instagram/ezagio)

4. Jadi orangtua baru, Eza muali mengurangi aktivitas di dunia hiburan demi fokus mencurahkan perhatian pada sang buah hati.

Momen Eza Gionino Bareng Nichole Zalya (sumber: Instagram/ezagio)

5. Begini saat Nichole dan papa Eza lagi quality time. Aura ayah kelahiran 10 Mei 1990 ini langsung keluar.

Momen Eza Gionino Bareng Nichole Zalya (sumber: Instagram/ezagio)

6. Bagaimana menurutmu? Sweet banget ya ayah dan anak yang satu ini.

Momen Eza Gionino Bareng Nichole Zalya (sumber: Instagram/ezagio)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayer Munchen Pastikan Flick Melatih Hingga Akhir Tahun

Posted: 16 Nov 2019 07:35 PM PST

Munchen - Hansi Flick menjadi pelatih interim Bayern Munchen sejak klub tersebut berpisah dengan Niko Kovac. Sejak ditangani Flick, Bayern Munchen tampil positif.

Hal itu membuat Flick diminta untuk menjadi pelatih tetap. Namun, manajemen Bayern Munchen masih ingin mencari lain yang lebih berpengalaman.

"Uli Hoeness, Hasan Salihamidzic dan saya telah mengumumnkan kalau Hansi akan tetap menangani Bayern sampai pengumuman berikutnya," ujar CEO Bayern Munchen, Karl Hanz Rummenigge.

"Kami sudah membuat keputusan kalau Hansi masih akan menangani Bayern Munchen hingga akhir tahun 2019. Setelah itu kami akan mencari pelatih tetap."

"Namun, hal tersebut tak menutup kemungkinan bagi Hansi untuk menjadi pelatih tetap kami," ungkap Rummenigge.

Sejauh ini, Bayern Munchen masih dikaitkan dengan sejumlah nama pelatih top yang sedang tidak terikat dengan klub mana pun.

Pelatih Ajax Jadi Incaran Utama

Erik ten Hag. (AFP/Kenzo Tribouillanrd)

Manajemen Bayern Munchen disebut menginginkan pelatih Ajax, Erik ten Hag, untuk menjadi suksesor Niko Kovac. Hal itu dikarenakan ten Hag mengerti lingkungan Bayern Munchen.

Erik ten Hag pernah menangani Bayern Munchen II, karena itu ia memiliki pengalaman bersama klub Jerman tersebut. Namun, ten Hag telah mengatakan masih akan bertahan di Ajax, setidaknya hingga akhir musim 2019-20.

Kandidat lainnya, Arsene Wenger, telah memilih untuk melanjutkan karier sebagai petinggi FIFA. Ia menjabat sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global.

Sumber: The42

Disadur dari: Bola.com (Penulis Aditya W, editor Gregah, published 17/11/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: