Minggu, 24 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


7 Tips Agar Tubuh Harum Tanpa Parfum, Wangi Sepanjang Hari

Posted: 24 Nov 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tips harum tanpa parfum mungkin banyak dicari untuk menghemat pengeluaran. Harga parfum yang tergolong cukup mahal tentu membuat kantong menipis. Sedangkan jika kamu membeli parfum yang murah, biasanya baunya tidak tahan lama atau baunya tidak seperti yang kamu inginkan.

Apalagi jika kamu memiliki alergi atau tidak kuat dengan bau parfum, tentunya kamu harus mencari alternatif lain untuk mempertahankan wangi tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa menjalankan beberapa tips agar wangi sepanjang hari tanpa parfum.

Tips harum tanpa parfum bisa didapatkan dengan menggunakan beberapa bahan dan mengubah pola hidup. Bahkan pemilihan makanan juga dapat memengaruhi wangi tubuh kamu. Mengonsumsi buah dan sayur tertentu bisa membuat tubuh kamu tetap wangi dan segar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019) beberapa tips harum tanpa parfum.

Mandi Secara Teratur dan Gunakan Pakaian yang Wangi

Ilustrasi mandi. (Foto: shutterstock.com By Yuganov Konstantin)

Mandi Secara Teratur

Tips harum tanpa parfum yang pertama adalah mandi secara teratur. Selain itu, agar tubuh kamu tetap wangi sepanjang hari, kamu bisa memilih sabun yang wangi saat mandi.

Menjaga kebersihan badan dengan mandi secara teratur adalah cara paling ampuh untuk menjaga aroma badan tetap segar. Mandi dua kali sehari dapat menghilangkan keringat dan debu yang menempel di tubuh. Dengan begitu tidak ada alasan untuk bakteri tetap menempel di tubuh kamu.

Namun untuk mandi tak hanya sekadar membasahi tubuh dengan air saja, kamu tetap harus selalu membersihkan setiap lipatan pada tubuh menggunakan sabun dan menggosok tubuh secara keseluruhan. Pastikan keringkan tubuh dengan baik dan rutin mengganti handuk.

Gunakan Pakaian yang Wangi

Selanjutnya, kamu juga bisa mengakali tubuh tidak menggunakan parfum dengan menggunakan pakaian yang wangi. Faktor penting dari menggunakan pakaian yang wangi adalah saat mencuci dan menyetrika.

Faktor pertama adalah dengan menggunakan pewangi dan pelembut saat mencuci pakaian. Hal ini dapat menjadi alternatif parfum untuk menjaga tubuh wangi sepanjang hari.

Selain pewangi pakaian yang bisa dituangkan ke dalam cucian, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai produk pelicin baju saat menyetrika yang juga memiliki kandungan pewangi pakaian. Selain harganya yang relatif terjangkau juga tidak akan membuat kepalamu pening karena aromanya yang tidak terlalu menyengat.

Mencukur Bulu Ketiak dan Menjaga Kelembapan Kulit

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/goffkein.pro

Mencukur Bulu Ketiak

Umumnya, ketiak dan selangkangan merupakan bagian tubuh yang paling sering mengeluarkan bau. Hal ini disebabkan dari bulu yang tumbuh di area tersebut cukup lebat sehingga kelenjar apokrin bekerja lebih aktif. Pada udara lembap dan panas, daerah tersebut jadi lebih mudah berkeringat yang akhirnya menumpuk di bulu.

Belum lagi daerah tersebut tertutup sehingga dengan mudah kuman dapat berkembang biak. Reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh kuman ini biasanya menghasilkan metabolit yang menimbulkan bau.

Cara sederhananya agar badanmu terhindar dari aroma tidak sedap adalah dengan mencukur secara rutin bulu-bulu yang tubuh di area ketiak. Selain sebagai penyempurna penampilan, mencukur bulu ketiak sangat baik untuk menjaga aroma tubuh tetap harum.

Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit menjadi salah satu yang perlu diperhatikan bila kamu ingin tetap tubuhmu memancarkan aroma harum. Menjaganya tak hanya dari luar saja, melainkan juga dari dalam.

Cara simpelnya, minumlah air mineral yang cukup dan rawatlah kulit dengan menggunakan lotion atau pelembap agar terhindar dari masalah kulit kering. Jika rutin melakukannya, maka kamu tak butuh parfum, karena secara tidak langsung aroma alami tubuhmu sudah sangat harum.

Menggunakan Lulur, Deodoran, dan Memilih Makanan

Memilih Makanan Sehat (sumber: pexels)

Gunakan Lulur Seminggu Sekali

Mungkin jika menggunakan lulur setiap kali kamu mandi tentunya akan sangat membuang waktu. Belum lagi jika kamu adalah orang yang super sibuk dan terburu-buru. Meski demikian, kamu bisa menggunakan sekali dalam seminggu untuk membersihkan tubuhmu dengan menggunakan lulur.

Hal ini sangat membantu menjaga keharuman tubuhmu. Sebab dengan menggunakan lulur, kulit-kulit matimu akan terangkat. Sel kulit mati juga berperan dalam pertumbuhan bakteri.

Memakai Deodoran

Tips harum tanpa parfum selanjutnya adalah memakai deodoran. Penggunaan deodoran juga sangat membantu agar aroma badanmu tetap harum. Pasalnya deodoran berfungsi mengurangi penyebab bau pada keringat.

Jika kamu menggunakan deodoran, maka kamu akan merasakan bahwa ketiak akan tetap kering dan tidak mudah berkeringat. Deodoran juga membantu menutupi bau yang disebabkan oleh bakteri dan tidak mengganggu proses pendinginan alami.

Selektif Memilih Makanan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemilihan makanan berperan sangat penting untuk wangi tubuhmu. Ketika kamu selektif dalam mengonsumsi makanan, maka tanpa parfum pun aroma tubuhmu tetap segar. Misalnya saja kamu mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel dan lainnya. Tubuh akan menyerap dan memancarkan aroma tubuh alami dari buah-buahan yang kamu makan. Seperti buah yang mengandung asam, bisa mengeluarkan toksin penyebab bau badan.

Hal ini juga berlaku untuk jenis sayur-sayuran yang kamu konsumsi, karena sayuran berfungsi menjadi detoks alami dalam membersihkan bagian dalam tubuh. Meski demikian, kamu juga tetap harus selektif salam memilih sayuran. Hindari untuk memakan sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, tauge, dan kembang kol, karena bisa menciptakan bau badan tidak sedap yang dilepaskan melalui keringat.

Selain itu, sebagai alternatif penggunaan parfum, kamu juga bisa menggunakan bedak tubuh, body butter, cuka apel, hingga hair mist untuk menjaga dirimu wangi sepanjang hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pidato Lengkap Nadiem di Hari Guru Nasional 2019

Posted: 24 Nov 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan pidatonya menyambut Hari Guru Nasional 2019. Nadiem mengajak para guru di tanah air untuk melakukan perubahan kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaun Kuning Agnez Mo Saat Pose di Karpet Merah America Music Awards 2019

Posted: 24 Nov 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ajang penghargaan musik paling bergengsi adalah American Music Awards (AMA). Penyanyi Indonesia yang pamornya sudah mendunia, Agnez Mo, juga hadir di ajang tahunan ini.

AMA 2019 digelar di Microsoft Theater Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu, 24 November 2019 atau Senin (25/11/2019) waktu Indonesia. Selain Agnez, acara tersebut juga dihadiri para penyanyi dan musisi dunia. Sebelum memasuki tempat acara, mereka semua berjalan di karpet merah AMA 2019.

Agnez sendiri terlihat anggun dan seksi saat berjalan di karpet merah. Ia memakai gaun model kemben berwarna kuning dan merah muda dengan belahan di bagian paha. Ia melengkapi penampilan cantiknya dengan menenteng clutch bag berwarna silver yang warnanya senada dengan heels miliknya.

Penampilan memikat Agnez ternyata berkat campur tangan fashion stylist ternama AS yaitu Zoe Costello. Zoe sudah sering diminta untuk menata gaya para artis top dunia seperti Halsey, Offset, dan Bebe Rexha.

Seperti para artis lainnya, kedatangan Agnez disambut oleh jepretan para fotografer. Mereka meminta pelantun 'Coke Bottle' itu untuk berpose beberapa kali sebelum memasuki venue.

Agnez juga mengunggah foto dirinya di karpet merah di akun Instagramnya pada Senin (25/11/2019). Penampilan penyanyi 33 tahun tersebut mendapat banyak pujian dari warganet.

Membandingkan Penampilan Agnez

Agnez Mo di red carpet American Music Awards 2019. (dok.Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/B5RYxG8JQ3-/Henry)

"Luar biasaaaa....cantiknya💥," puji pemilik akun @danil_arbineri.  "THE ONE ONLY @agnezmo Attending red carpet @amas 2019 DAMN STUNNING🔥😍✨👏," tulis akun @m.idrus05 yang juga memuji penampilan Agnez.

"...jujur cantikan ini daripada di iheartradio😭😭😭," komentar akun @iamrepaldo yang lebih menyukai penampilan Agnez di AMA 2019 dibandingkan saat di ajang iHeartRadio Music Awards 2019 di Los Angeles, AS.

Di event yang berlangsung pada 14 Maret 2019 itu, Agnez juga tampil di karpet merah dengan mengenakan dress berwarna pink berkerah sabrina dengan lengan balon yang super pendek.

Ia memadukannya dengan thigh boots menutupi pahanya yang terbuka. Mengimbangi busananya, rambut pendek Agnez dikeriting acak sementara riasannya dipulas natural. Tidak ketinggalan, tas hitam kecil dengan rantai emas melingkar di tangan Agnez.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perkiraan Besaran Kompensasi Ahok sebagai Komut Pertamina

Posted: 24 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ahok resmi dilantik jadi Komisaris Utama Pertamina. Ia pun berhak mendapatkan kompensasi atas jabatannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah di Balik Peringatan Hari Guru Nasional

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Senin, 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Tagar #HariGuruNasional2019 pun menjadi trending topic Twitter kawasan Indonesia sejak pagi hari.

Hari Guru Nasional diperingati setiap tahunnya untuk mengapresiasi kerja keras para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Perlu diketahui, Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan keputusan presiden pada tahun 1994.

Berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Awalnya persatuan guru Indonesia bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dan didirikan pada tahun 1912. Kelompok persatuan guru ini beranggotakan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan perangkat sekolah lainnya.

Saat itu para guru ternyata telah terlebih dulu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia secara tidak langsung saat mereka mengubah nama persatuan tersebut menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932, jauh sebelum Indonesia merdeka.

Dua bulan setelah kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 24-25 November 1945 Hari Guru mulai digaungkan. Saat itu, para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia di kota Surakarta.

Kongres tersebut sebagai wadah berkumpulnya para guru yang berjuang mempertahankan pendidikan Indonesia di tengah penjajahan.

Akhirnya Diperingati Setiap 25 November

Upacara Peringatan HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019 di Kemendikbud (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Persatuan guru tersebut akhirnya mengubah nama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), tepat pada tanggal 25 November 1945. Namun, saat itu belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk menjadikannya sebagai salah satu hari besar nasional.

Barulah sejak tahun 1994 Hari Guru Nasional resmi diperingati setiap 25 November. Ini kemudian tercantum di situs resmi PGRI. Tentu saja dicetuskannya Hari Guru untuk mengapresiasi jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Selamat Hari Guru Nasional bagi para pahlawan tanpa tanda jasa di Negeri kita tercinta, Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Zodiak Ini Dikenal Loyal dan Dapat Diandalkan, Jadi Sahabat Terbaik

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki seorang teman, tapi belum tentu semuanya adalah teman dekat. Namun memiliki sahabat setia yang selalu mendukung di kala susah maupun senang pasti menjadi impian semua orang.

Di keadaan sosial zaman modern ini sepertinya cukup sulit menemukan teman yang loyal dan dapat diandalkan. Bahkan teman dekat pun terkadang tidak selalu rela membantu saat kamu membutuhkan bantuan.

Ternyata ada beberapa zodiak yang memang secara alami loyal dalam berteman. Setiap zodiak memiliki karakter sendiri untuk menunjukkan kepedulianya saat berteman.

Penasaran zodiak apa saja ? Berikut beberapa zodiak yang dikenal loyal dan dapat diandalkan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019).

1. Capricorn

Capricorn. (Sumber foto: pinterest.com)

Capricorn dikenal sebagai zodiak yang sangat berdidikasi pada keluarga, praktis dan juga bertanggung jawab. Zodiak ini akan bekerja keras tidak semata-mata hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Jadi tak heran jika menjalin pertemanan dengan Capricorn, sebuah masalah atau tantangan bisa diatasinya. Ketika zodiak ini memutuskan untuk berteman, mereka akan bersikap loyal dan dapat diandalkan.

2. Taurus

Taurus. (Sumber foto: unsplash.com)

Taurus merupakan salah satu zodiak yang dapat diandalkan saat kamu membutuhkan bantuannya, baik dukungan moral maupun fisik. Zodiak ini juga tidak terlalu memikirkan perubahan. Dalam berteman pun tidak setengah-setengah. Taurus juga paling anti mengecewakan orang yang disayangi.

3. Virgo

Virgo. (Sumber foto: unsplash.com)

Virgo dikenal sebagai zodiak yang terkenal baik hati dan selalu berpacu pada detail. Zodiak ini sangat peka dalam menghadapi perasaan orang lain. Virgo juga terkenal loyal karena selalu berusaha membuat orang di sekitarnya merasa senang. Selain itu, ia juga terkenal pandai menyampaikan apa yang dirasakan tanpa menyembunyikan kebenaran.

4. Pisces

Pisces. (Sumber foto: unsplash.com/Elevate)

Pisces dikenal sebagai zodiak yang baik, setia, dan selalu ada untuk orang yang dicintai. Zodiak ini akan merawatmu ketika kamu sakit, meminta maaf ketika mereka salah, dan siap sedia ketika dibutuhkan.

Namun, Pisces akan terlibat berlebihan dalam pertemanan. Meski membuat tidak nyaman dalam persahabatan, Pisces terbukti setia terhadap temannya.

5. Cancer

Cancer. (Sumber foto: unsplash.com)

Cancer dikenal sebagai zodiak yang loyal dan bisa diandalkan dalam keadaan apapun. Ketika berkomitmen, kesetiaan zodiak ini tidak akan merugikan siapapun dan jarang mengharapkan imbalan.

Meski ego Cancer sering muncul, zodiak ini memiliki kepedulian terhadap teman-temannya. Hal ini membuktikan bahwa Cancer setia kepada teman-teman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Israel Tunda Tender 5G

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Regulator telekomunikasi Israel menunda tender atas teknologi 5G. Keputusan ini merupakan tindak lanjut atas permintaaan operator seluler untuk waktu lebih panjang.

Untuk diketahui, jadwal tender 5G itu pada Juli lalu telah Kementerian Komunikasi Isral terbitkan.

Harapannya, diskon yang diberikan kepada operator seluler yang memiliki kesulitan secara finansial juga akan tertarik untuk mengikuti tawaran tender yang dijadwalkan pada Minggu (24/11/2019) kemarin.

"Sejauh menyangkut kementerian, kami hanya menunda tender 5G ini selama dua pekan," kata seorang juru bicara kementerian dikutip dari Reuters, Senin (25/11/2019). "Permintaan penundaan lebih lanjut akan dipertimbangkan oleh komite."

Rencana

Partner Communications, operator seluler terbesar kedua di Israel, adalah salah satu operator yang meminta penundaan ini.

Mereka beralasan akan menghadapi perombakan struktur perusahaan, ketika sejumlah orang yang mengisisi posisi direksi, mengundurkan diri minggu lalu.

Ada tiga kelompok operator seluler yang diprediksi akan mengikuti tender ini, yang termasuk gabungan lebih dari satu operator yang bertujuan untuk menekan biaya.

Rencananya pengumuman pemenang tender akan dilakukan pada akhir tahun ini. Adapun peluncuran secara komersial diperkirakan akan dimulai pada tahun 2020 dan berlanjut hingga 2023.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Bangunan di Ngawi, Seorang Warga Jadi Korban

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Ngawi - Hujan deras disertai angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada Minggu (24/11) telah merusak sejumlah bangunan dan menumbangkan pohon-pohon di wilayah setempat hingga melukai seorang warga.

Data BPBD Kabupaten Ngawi mencatat, sejumlah bangunan yang rusak akibat tersapu puting beliung meliputi atap gedung Mapolres Ngawi dan kantor Setdakab Ngawi. Beberapa kendaraan yang terparkir di sejumlah jalan protokol juga ringsek ditimpa pohon yang tumbang di kawasan tersebut.

Angin puting beliung yang terjadi pada Minggu petang itu juga merobohkan menara Radio Bahana FM Ngawi hingga menimpa dua rumah warga di Jalan Trunojoyo. Selain itu, angin kencang juga memporak-porandakan lapak pedagang kaki lima (PKL) dan menumbangkan pohon di kawasan Alun-Alun Merdeka Ngawi. Seorang warga pemilik warung PKL terluka akibat tertimpa pohon tumbang.

"Petugas BPBD dibantu tim reaksi cepat masih melakukan pendataan kerusakan. Ada seorang warga yang terluka," ujar Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi Alfian Wihaji Yudono kepada wartawan, Senin (25/11/2019), dilansir Antara.

Adapun korban luka adalah Sunarno (60) warga Desa Seloputo, Kecamatan Pitu, Ngawi. Ia mengalami luka patah tulang di bagian paha dan tangan akibat tertimpa pohon tumbang yang mengenai warungnya.

Oleh petugas dan warga, korban langsung dievakuasi ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Widodo Ngawi guna mendapatkan perawatan medis.

Alfian Wihaji mengatakan proses evakuasi dan pembersihan batang pohon tumbang yang melintang di sejumlah jalan protokol sebagian telah dilakukan sampai Minggu malam.

Namun, evakuasi dan pembersihan secara menyeluruh baru akan dilakukan pada Senin ini karena kondisi hari yang telah gelap dan hujan deras yang mengguyur wilayah Ngawi hingga Minggu malam.

Pihaknya mengimbau warga untuk mewaspadai hujan deras disertai angin kencang yang rawan terjadi saat awal musim hujan di Kabupaten Ngawi. Hingga kini, tim reaksi cepat dari BPBD setempat masih melakukan pendataan dan pemantauan di daerah terdampak.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain Asing Terhebat dalam Sejarah Liga Inggris

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak bergulir pada 1992, Liga Premier Inggris atau Liga Inggris tidak hanya memikat para pemain di Kepulauan Inggris. Tetapi, juga menarik seluruh daratan Eropa dan akhirnya dunia.

Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi yang paling mengutungkan di planet ini. Kesepakatan dengan stasiun TV yang luar biasa menambah pundi-pundi keuangan klub. Alhasil, klub-klub di Liga Inggris mampu menarik beberapa pemain terbaik dunia.

Di musim perdananya, hanya ada 13 pemain non Inggris yang terdaftar dalam kompetisi. Sekarang, 27 tahun kemudian, jumlah itu telah mencapai hampir 500. Jumlah tersebut akan terus meningkat dengan masuknya manajer asing dan staf yang memberi pengaruh pada permainan Inggris.

Misalnya, hanya sembilan manajer di klub papan atas saat ini, atau 45% dari mereka, adalah orang Inggris. Kesebelas lainnya semuanya adalah orang asing. Ini sangat kontras dengan musim perdana Liga Inggris, di mana setiap manajer adalah orang Inggris; termasuk orang-orang seperti Brian Clough dan Sir Alex Ferguson.

Tidak ada keraguan, penerimaan manajer dan pemain dari luar negeri memperkaya permainan di Inggris. Ini terjadi pada kasus Arsene Wenger, yang ketika tiba di Arsenal pada 1996, mengubah segalanya tentang cara sepak bola uang dimainkan di Inggris.

Selain itu, kedatangan pemain asing juga punya dampak besar bagi sepak bola Inggris. Berikut beberapa pemain asing terhebat di Liga Inggris seperti dikutip dari Sportskeeda

5. Sergio Aguero

Sergio Aguero (Manchester City) - Sergio Aguero adalah pemain aktif dengan torehan gol tertinggi di Premier League. Torehan 170 gol menempatkan Aguero di urutan keenam dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Premier League. (AFP/Glyn Kirk)

Satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih bermain di Liga Inggris adalah Sergio Aguero. Striker asal Argentina itu tiba di Manchester city pada musim panas 2011 dari Atletico Madrid.

Meski tingginya cuma 173 cm, Aguero adalah salah satu pencetak gol terhebat di Liga Inggris. Striker berusia 31 tahun tersebut adalah top scorer sepanjang masa City dan berada di peringkat keenam dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris, yakni 173 gol sejauh ini.

Tidak akan sulit untuk mengatakan bahwa pada akhir waktunya di Inggris, Aguero dapat mencetak 200 gol, dan menembus tiga besar.

Sejumlah gelar juara telah dimenangkan Aguero. Empat di antaranya adalah gelar juara Liga Inggris, yaitu 2011–12, 2013–14, 2017–18, 2018–19.

 

 

4. Eric Cantona

Eric Cantona dibeli MU dari Leeds United dengan harga 1,2 juta poundsterling. King Cantona sukses mencetak 82 gol untuk United dalam jangka waktu lima musim. (Bola.com/Istimewa)

Eric Cantona adalah salah satu dari 13 pemain asing yang terlibat dalam musim perdana Liga Premier Inggris. Bermain untuk Leeds United sebelum pindah ke Manchester United pada November 1992.

Cantona mungkin bukan penyerang yang produktif karena dalam kariernya hanya mencetak 165 gol dalam 440 pertandingan. Tapi, ia memainkan peran penting dalam sukses MU pada 1990.

Cantona punya kemampuan teknis yang sangat baik. Yang paling dikenal adalah aura yang dimilikinya, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Cantona adalah karakter yang eksentrik dan eksplosif, yang sering membuatnya meninggalkan klub sebelum waktunya. Dalam kariernya selama 14 tahun, ia bermain untuk delapan klub berbeda, dengan lima musim di MU yang merupakan waktu terlama.

Dia memainkan peran penting dalam membantu generasi emas MU yang kini dikenal dengan nama Class of 92. Pemain Prancis tersebut memberikan teladan bagi pemain-pemain seperti Ryan Giggs, David Beckham, dan Paul Scholes.

 

 

3. Didier Drogba

5. Didier Drogba - Legenda Chelsea. (AFP/Glyn Kirk)

Satu-satunya pemain Afrika yang dalam daftar ini adalah Didier Drogba. Drogba adalah striker hebat Chelsea dan Liga Inggris.

Drogba tercatat delapan musim bermain untuk Chelsea, yakni antara 2003 dan 2012. Permainannya tidak hanya menjadikan Drogba sebaga legenda di Liga Inggris, tapi juga negara asalnya Pantai Gading.

Drogba dibawa oleh Manajer Chelsea Jose Mourinho. Juru taktik asal Portugal itu mampu meyakinkan pemilik Chelsea Roman Abrahmovich untuk membelinya dari Marseille.

Saat itu, konglomerat asal Rusia tersebut masih meragukan kemampuan Pantai Gading. "Tuan Abramovich - bayar. Bayar dan jangan bicara," kata Mourinho ketika itu.

Keputusan Mourinho merekrut Drogba terbukti tepat. Drogba mencetak 157 gol dalam 341 penampilan, termasuk 100 gol di Liga Inggris. Rekornya adalah mencetak 10 gol di 10 laga final yang membawa Chelea meraih 10 gelar juara.

Drogba mencetak gol penyeimbang di final Liga Champions UEFA 2012 untuk Chelsea saat melawan Bayern Munich. Dia juga mencetak gol penalti kemenangan dalam adu penalti melawan raksasa Bundesliga tersebut.

 

 

2. Cristiano Ronaldo

Gelandang Manchester United, Cristiano Ronaldo, bersama manajernya, Sir Alex Ferguson, menerima penghargaan pemain dan manajer terbaik Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (13/4/2008). (AFP/Paul Ellis)

Cristiano Ronaldo adalah salah satu dari dua pemain terbaik yang pernah menghiasi lapangan sepakbola bersama dengan Lionel Messi. Ronaldo benar-benar mencapai kehebatan di Real Madrid dan Timnas Portugal. Tapi, ia berada di jalur menuju kehebatan sepanjang masa bersama Manchester United (MU) dan Manajer Sir Alex Ferguson.

Ronaldo pertama kali diperhatikan MU United dalam pertandingan persahabatan pramusim, ketika ia bermain untuk klub masa kecilnya, Sporting CP. Saat berusia 17 tahun, Ronaldo bermain-main dengan orang-orang seperti Wes Brown dan John O'Shea.

Cerita berlanjut setelah pertandingan itu. Semua pemain MU memohon kepada Ferguson untuk mendatangkan remaja itu. Saat itu, pada 2003, Ronaldo baru berusia 18 tahun.

Ronaldo menghabiskan enam tahun di MU, yang sering digambarkannya sebagai tahun-tahun terbaik dalam hidupnya. Selain itu, ia juga menyatakan Ferguson seperti ayah baginya, terutama setelah kematian ayah kandungnya, sejak awal kariernya di Inggris.

Ronaldo mencetak 118 gol dalam 292 pertandingan di Inggris, termasuk 42 gol di musim 2007/08. Ketika, MU menutup musim dengan mengangkat trofi Liga Inggris dan Liga Champions UEFA.

Bagi penggemar MU pada usia tertentu, Ronaldo adalah alasan kesetiaan mereka condong kepada Setan Merah. Ronaldo telah memberi mereka beberapa kenangan sepak bola terbesar dalam hidup mereka.

 

1. Thierry Henry

Arsene Wenger bersama Thierry Henry (AFP/Sinead Lynch)

Diperdebatkan sebagai pemain asing terhebat yang pernah mengenakan jersey Liga Premier Inggris, Thierry Henry dibawa rekan senegaranya Arsene Wenger pada Juli 1999. Henry diboyong Arsenal dari Juventus seharga11 juta pound.

Memulai kariernya sebagai pemain sayap, Henry dikonversi menjadi striker oleh Wenger, dan terbukti menjadi bintang. Rekor golnya untuk Arsenal tidak dapat dipercaya, karena berada di peringkat kelima daftar pencetak gol sepanjang masa Liga Inggris dengan 175, dan ke-11 sebagai assist terbanyak, yakni 74.

Selama delapan tahun di Arsenal, Henry mencetak dua angka untuk gol di setiap musim, termasuk 2006/07 yang merupakan masa terakhirnya bersama Arsenal. Di musim itu, ia mencetak 10 gol hanya dalam 17 pertandingan.

Catatan keseluruhannya untuk Arsenal, Henry mencetaktotal 226 gol dalam 369 pertandingan. Musim terbaiknya adalah saat membantu Arsenal mengangkat trofi Liga Inggris dengan tidak terkalahkan sepanjang musim.

Henry sering melakukan hal-hal di lapangan yang hampir tidak mungkin, terutama golnya melawan Manchester United. Pemain asal Prancis itu menjentikkan bola dengan menghadap jauh dari gawang, sebelum memutar dan melakukan tendangan voli ke sudut atas, dari jarak 30 yard.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi, Nissan Setop Produksi Datsun Mulai Januari 2020

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Chevrolet mengumumkan undur diri dari Indonesia, kini giliran Nissan yang dipastikan bakal menghentikan produksi mobil murahnya, Datsun mulai Januari 2020.

Bahkan, hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto.

"Datsun Go dan Datsun Go+ akan diberhentikan produksinya per Januari 2020, yang disebabkan karena faktor skala ekonomi," jelas Harjanto kepada Liputan6.com, melalui pesan elektroniknya, Senin (25/11/2019).

Lanjutnya, meskipun akan menghentikan produksi Datsun di Indonesia, Nissan disebutkan akan tetap berkomitmen untuk melanjutkan proses manufaktur di Indonesia. Namun, pabrikan asal Jepang ini akan memiliki strategi yang berbeda.

"Perubahan strategi yang dilakukan oleh Nissan, yakni dengan melakukan lokalisasi komponen utama yakni mesin new Livina," tambahnya.

Sebagai informasi, memang rencana produksi mesin untuk Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sudah berhembus kencang beberapa waktu lalu. Pasalnya, mesin yang digunakan oleh dua LMPV tersebut, memang masih diimpor langsung dari Jepang.

Jawaban Nissan

Sementara itu, saat Liputan6.com mencoba untuk mengonfirmasi masalah ini kepada PT Nissan Motor Indonesia (NMI), pihak pabrikan asal Negeri Matahari Terbit ini belum ada yang bisa dihubungi.

Sebelumnya, Nissan sendiri sudah mengumumkan akan menyuntik mati merek Datsun di India pada 2022, karena penjulan yang kurang memuaskan. Di India, Nissan mengenalkan kembali brand Datsun pada 2013. Brand Datsun sendiri lebih difokuskan untuk pasar negara berkembang, seperti India, Indonesia, Rusia, dan Afrika selatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wali Kota Risma Resmikan Museum Pendidikan Surabaya

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Tri Rismaharini meresmikan Museum Sejarah Pendidikan di Surabaya, Jawa Timur. Museum berisi berbagai koleksi benda pendidikan dari zaman penjajahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selebgram Ajudan Pribadi Pamer Isi Saldo ATM yang Mencapai Rp 13 Miliar

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pamer isi saldo saat ini sedang tren. Meskipun menuai pro dan kontra, namun masih saja ada yang melakukannya. Kini giliran Ajudan Pribadi yang ikut-ikutan memamerkan isi saldo di ATMnya.

Hal itu diketahui melalui Instagram Stories Ajudan Pribadi, @ajudan_pribadi yang mengunggah potret saldo tabungannya.

Angka saldo Ajudan Pribadi begitu fantastis lantaran melebihi uang yang di miliki Barbie Kumalasari. Diketahui Barbie Kumalasari memiliki uang dalam saldo ATMnya sebesar Rp 1,6 miliar.

Ajudan Pribadi merupakan selebgram yang gemar memamerkan aktivitasnya menemani petinggi daerah di Indonesia. Karena pekerjaannya berurusan dengan pejabat, ia pun ikut menikmati berbagai fasilitas mewah yang jarang dirasakan banyak orang.

Rp 13 Miliar

[Foto: Instagram ]

Melalui unggahannya terlihat jelas jumlah saldo yang dipamerkan Ajudan Pribadi. Jumlahnya begitu fantastis yaitu Rp13.970.038.466,15.

Hasil Kerja Keras

Hmmm, sepertinya ini perlu direvisi. (Instagram/Ajudan_Pribadi)

Menurut Ajudan Pribadi, uang tersebut didapatkan melalui kerja kerasnya selama ini. Hal itu dituliskan dalam keterangan foto unggahannya.

"13M kerja kerja kerassss," kata Ajudan Pribadi di Instagram Stories.

Hidup Glamor

Indonesia ternyata indah yah, di lihat dari langit. (Instagram/Ajudan_Pribadi)

Selama ini Ajudan Pribadi kerap mmengunggah foto-foto dirinya dengan kehidupannyya yang glamor di Instagram. Mulai dari naik pesawat jet pribadi, hingga bergaul dengan sederet orang penting Tanah Air.

Meski begitu, Ajudan Pribadi dikenal dengan pribadinya yang humoris.

Pria Ini Pikat Perempuan dengan Pamer Saldo ATM Rp 37 Miliar

Artis Pamer Saldo

Sebelum Ajudan Pribadi, beberapa selebritis Tanah Air  telah memamerkan isi saldonya seperti Raffi Ahmad, Nikita Mirzani, Billy Syahputra, Ria Ricis dan masih banyak lagi. Namun ada juga yang kontra mengenai hal tersebut. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Diimbau Tampilkan Ketersediaan Tempat Tidur, BPJS Watch: Itu Harusnya Wajib

Posted: 24 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seluruh rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan diimbau menampilkan informasi ketersediaan (display) tempat tidur perawatan, baik di ruang perawatan biasa maupun intensif.

Komitmen BPJS Kesehatan dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) ini memudahkan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melihat sendiri ketersediaan tempat tidur.

"Sebuah komitmen yang baik. Namun, seharusnya bukan 'diimbau' lagi, yang tepat itu 'diwajibkan' sebagaimana Pasal 90 Peraturan Presisen Nomor 82 Tahun 2018," ucap Koordinator BPJS Watch Timboel Siregar melalui pesan singkat kepada Health Liputan6.com, ditulis Senin (25/11/2019).

"Perpres itu mewajibkan seluruh RS menginformasikan ketersediaan ruang rawat inap. Bunyi Pasal 90, 'Fasilitas Kesehatan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan wajib menginformasikan ketersediaan ruang rawat inap kepada masyarakat.'

Oleh karena itu, tidak perlu ada komitmen lagi. Tinggal melaksanakan saja karena sudah menjadi amanat Pasal 90.

"Jadi, ketentuan (display tempat tidur) wajib dimasukkan dalam Perjanjian Kerja Sama dengan rumah sakit," lanjut Timboel.

Atasi Kesulitan Peroleh Ruang Perawatan

Ilustrasi – Suasana ruang tunggu rumah sakit. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Adanya kewajiban menampilkan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit bisa diketahui pasien JKN. Apakah jumlah ruang perawatan masih tersedia atau tidak.

"Upaya ini juga membantu pasien JKN yang mengalami kesulitan mendapatkan ruang perawaran di rumah sakit. Pasien yang sulit mendapat ruang perawatan bisa melapor ke fasilitas daring ke seluruh rumah sakit mitra BPJS Kesehatan di Unit Pengaduan BPJS Kesehatan yang ada di rumah sakit mitra tersebut," Timboel menjelaskan.

"Kemudian pihak BPJS Kesehatan tinggal mengirim pesan secara daring ke rumah sakit lainnya untuk mencari ruang perawatan yang masih tersedia."

Kehadiran Unit Pengaduan sesuai Pasal 89 Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 harus lebih pro-aktif dan mampu mencarikan ruang perawatan ke rumah sakit lainnya.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Ahok, Jenderal Polisi Ini juga Jadi Komisaris Pertamina

Posted: 24 Nov 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir turut menunjuk Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Condro Kirono sebagai salah satu Komisaris Pertamina di bawah pimpinan Ahok sebagai Komisaris Utama.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan, Komjen Pol Condro akan membantu Ahok memperkuat pengawasan internal dari sisi hukum.

"Jadi komisaris baru Condro Kirono itu sebagai pendekatan dari segi hukum, seperti kata Pak Menteri, komisaris harus diperkuat," ujar Arya saat ditemui di Kementerian BUMN, Senin (25/11/2019).

Nantinya, pengawasan komisaris akan menggantikan fungsi pengawasan kementerian yang bersifat day-to-day. Diharapkan, jajaran komisaris yang kuat akan membantu Pertamina berkinerja lebih baik dan lebih bersih.

"Pokoknya semua hal yang berpotensi menimbulkan fraud akan diawasi," ujar Arya.

Sebagai informasi, kehadiran Komjen Pol Condro akan menggantikan posisi Gatot Trihargo, mantan deputi Kementerian BUMN yang kini telah menjadi wadirut Bulog.

Saat ini, Condro mengemban amanat sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Sebelumnya, lulusan Akpol 1984 ini merupakan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri. Ia digantikan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 Inspektur Jenderal (Polisi) Firli Bahuri.

Ahok Jadi Komut, Simak Susunan Lengkap Direksi dan Komisaris Baru Pertamina

Maskot Asian Games  2018, Bhin-Bhin terpampang di video mapping atau layar bergerak di Gedung Utama Pertamina, Jakarta, Kamis (5/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan dan mengangkat 1 direksi dan 3 komisaris baru PT Pertamina (Persero). Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) untuk komisaris Nomor 282/MBU/11/2019 dan Direksi melalui SK Nomor 283/MBU/11/2019.

Dengan ditetapkannya SK tersebut maka posisi Direktur Keuangan Pertamina saat ini diemban oleh Emma Sri Martani yang sebelumnya menjadi Direktur Utama Telkomsel. Emma menggantikan Pahala Mansury yang kini ditunjuk sebagai Direktur Bank Tabungan Negara (BTN).

Kemudian untuk Komisaris Utama PT Pertamina ditempati oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok menggantikan posisi sebelumnya yang ditempati oleh Tantri Abeng.

Kemudian, untuk Budi Gunadi Sadikin ditetapkan sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina, menggantikan Arcandra Tahar. Lalu ada juga Condro Kirono yang dotetapkak sebagai komisaris baru menggantikan Gatot Trihargo.

"Jadi tadi sekitar jam 10 udah diadakan penyerahan keputusan dari menteri BUMN selaku RUPSLB ya PT Pertamina tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota direksi maupun dewan komisaris PT Pertamina. Untuk Pertamina ditetapkan 1 direktur dan 3 komisaris baru," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Susunan Komisaris dan Direksi

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). (Istimewa)

Dengan demikian maka berikut susunan Komisaris dan Direksi PT Pertamina yang baru :

Jajaran Komisaris Baru Pertamina

- Komisaris Utama: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

- Wakil Komisaris Utama : Budi Gunadi Sadikin

- Komisaris : Condro Kirono

- Komisaris : Ego Syahrial

- Komisaris : Suahasil Nazara

- Komisaris : Alexander Lay

 

Jajaran Direksi Baru Pertamina

- Direktur Utama : Nicke Widyawati

- Direktur Keuangan : Emma Sri Hartini

- Direktur Hulu : Dharmawan Samsu

- Direktur Pengolahan : Budi Santoso Syarif

- Direktur Pemasaran Koorporat: Basuki Trikora Putra

- Direktur Pemasaran Ritel: Mas'ud Khamid

- Direktur Logistik Supplay Chain dan Infrastruktur : Gandhi Sriwidodo

- Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ignatius Tallulembang

- Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko : Heru Setiawan

- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM): Koeshartanto

- Direktur Manajemen Aset: M Haryo Yunianto

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perdaya Korban, Pelaku Begal Motor di Surabaya Pakai Akun Medsos Palsu

Posted: 24 Nov 2019 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tiga pelaku begal usia belasan tahun di Surabaya, dibekuk Satuan Reserse Kriminal Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Ironisnya otak pelaku masih di bawah umur.

Modusnya pelaku membuat akun medsos palsu dan memasang foto perempuan. Tujuannya agar korban tertarik dan mau diajak ketemuan. Sepak terjang tiga penjahat jalanan,YL (18) dan RM (19) warga Tambak Asri dan DW (17) warga Krembangan Surabaya, berakhir di jeruji Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Tiga pelaku remaja ini dibekuk polisi setelah melakukan tindak kriminal di kawasan Jalan Kalianak Surabaya. Ironisnya salah satu pelaku masih di bawah umur dan merupakan otak pembegalan motor.

Modusnya pelaku membuat akun medsos palsu dan memasang foto perempuan. Tujuannya agar korban tertarik dan mau diajak ketemuan. Setelah melihat akun palsu itu, korban bernama Rahman Hakim kemudian tertarik untuk berkenalan. Pelaku DW yang menggunakan akun palsu mengajak korban ketemuan.

Saat bertemu, para pelaku langsung mengancam korban dengan senjata tajam. Korban pun dipaksa menyerahkan seluruh harta yang dimiliki termasuk sepeda motor. Pelaku sudah melakukan aksinya beberapa kali dan hasil kejahatan dipakai untuk senang-senang.

Polisi menyita barang bukti satu unit sepeda motor, telepon genggam dan foto di media sosial. Karena masih di bawah umur, salah satu pelaku dititipkan di Lapas Khusus Anak Surabaya.

Akibat perbuatannya, para tersangka terancam hukuman 7 tahun penjara, sesuai dengan Pasal 365 KUHP Tentang Pencurian dengan Kekerasan. Demikian diberitakan Fokus, 22 November 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: Direksi dan Komisaris Baru Pertamina Harus Kurangi Impor Minyak

Posted: 24 Nov 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengharapkan agar direksi dan komisaris baru di PT Pertamina (Persero) dapat membawa kinerja postif bagi perusahaan. Utamanya adalah dapat mengurangi impor minyak yang selama ini menyebabkan defisit neraca perdagangan.

"Jelas ya, diceritakan Pak Erick bagaiama supaya Pertamina bisa mengurangi impor minyaknya dengan berbagai cara," kata Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Arya Sinulingga, saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (25/11).

Arya mengatakan, banyak alternatif yang sering disampaikan kepada Menteri BUMN kepada Pertamina untuk menekan impor minyak. Salah satunya seperti pembangunan kilang-kilang minyak baru, implementasi B30, dan menerapkan energi baru terbarukan.

"Aapun itu intinya adalah bagaimana mengurangi impor," tandasnya.

 

Ahok Jadi Komut, Simak Susunan Lengkap Direksi dan Komisaris Baru Pertamina

Maskot Asian Games  2018, Bhin-Bhin terpampang di video mapping atau layar bergerak di Gedung Utama Pertamina, Jakarta, Kamis (5/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan dan mengangkat 1 direksi dan 3 komisaris baru PT Pertamina (Persero). Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) untuk komisaris Nomor 282/MBU/11/2019 dan Direksi melalui SK Nomor 283/MBU/11/2019.

Dengan ditetapkannya SK tersebut maka posisi Direktur Keuangan Pertamina saat ini diemban oleh Emma Sri Martani yang sebelumnya menjadi Direktur Utama Telkomsel. Emma menggantikan Pahala Mansury yang kini ditunjuk sebagai Direktur Bank Tabungan Negara (BTN).

Kemudian untuk Komisaris Utama PT Pertamina ditempati oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok menggantikan posisi sebelumnya yang ditempati oleh Tantri Abeng.

Kemudian, untuk Budi Gunadi Sadikin ditetapkan sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina, menggantikan Arcandra Tahar. Lalu ada juga Condro Kirono yang dotetapkak sebagai komisaris baru menggantikan Gatot Trihargo.

"Jadi tadi sekitar jam 10 udah diadakan penyerahan keputusan dari menteri BUMN selaku RUPSLB ya PT Pertamina tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota direksi maupun dewan komisaris PT Pertamina. Untuk Pertamina ditetapkan 1 direktur dan 3 komisaris baru," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Susunan Komisaris dan Direksi

Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina

Dengan demikian maka berikut susunan Komisaris dan Direksi PT Pertamina yang baru :

Jajaran Komisaris Baru Pertamina

- Komisaris Utama: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

- Wakil Komisaris Utama : Budi Gunadi Sadikin

- Komisaris : Condro Kirono

- Komisaris : Ego Syahrial

- Komisaris : Suahasil Nazara

- Komisaris : Alexander Lay

 

Jajaran Direksi Baru Pertamina

- Direktur Utama : Nicke Widyawati

- Direktur Keuangan : Emma Sri Hartini

- Direktur Hulu : Dharmawan Samsu

- Direktur Pengolahan : Budi Santoso Syarif

- Direktur Pemasaran Koorporat: Basuki Trikora Putra

- Direktur Pemasaran Ritel: Mas'ud Khamid

- Direktur Logistik Supplay Chain dan Infrastruktur : Gandhi Sriwidodo

- Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ignatius Tallulembang

- Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko : Heru Setiawan

- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM): Koeshartanto

- Direktur Manajemen Aset: M Haryo Yunianto

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wisata Hutan Mangrove Surabaya, Lokasi dan Tiket Masuk

Posted: 24 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wisata hutan mangrove Surabaya bisa jadi alternatif rekreasi keluarga. Tak hanya sebagai perlindungan bagi kawasan pesisir, hutan mangrove kini menjadi potensi wisata yang eksotis. Wisata hutan mangrove Surabaya ini menawarkan rimbunan pohon mangrove yang tumbuh di sepanjang garis pantai.

Wisata hutan mangrove Surabaya merupakan salah satu pesona alam di Kota Pahlawan. Wisata hutan mangrove Surabaya kini dikembangkan pemerintah sebagai wana rekreasi bagi warga yang ingin melepas penat. Fasilitas yang ditawarkan di wisata hutan mangrove Surabaya ini sudah tergolong lengkap dan terawat.

Ada dua destinasi wisata hutan mangrove Surabaya. Keduanya dapat dengan mudah dijangkau. Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini.

Lokasi dan tiket masuk ke kawasan mangrove Surabaya ini juga sangat terjangkau. Berikut ulasan mengenai wisata hutan mangrove Surabaya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019).

Ekowisata Mangrove Wonorejo

Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.

Wisata hutan mangrove Surabaya yang jadi andalan kota ini adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo. Mangrove Wonorejo merupakan kawasan konservasi bakau yang sekaligus dikelola sebagai ekowisata. Tempat ini cocok bagi Anda yang bosan dengan keriuhan kota.

Ekowisata Mangrove Wonorejo memiliki luas lebih dari 800 hektare. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini. Terdapat pendopo, kantin, tempat memancing, hingga jogging track dengan panjang sekitar 2 kilometeryang dapat dinikmati para pengunjung.

Flora dan fauna di Ekowisata Mangrove Wonorejo

Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.

Lebih dari setengah jenis bakau yang ada di Indonesia tumbuh subur di kawasan ini. Vegetasi asli yang tumbuh di daerah ini didominasi oleh bakau, api-api, pidada, dan buta-buta. Beberapa jenis tumbuhan lain juga ditemukan di kawasan wisata hutan mangrove Surabaya ini seperti ketapang dan nipah.

Selain mangrove, terdapat pula 83 spesies burung eksotik dan langka seperti bambangan kuning, cangak merah, perkutut Jawa, dan punai gading. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan kepiting rawa di akar pohon mangrove. Ada pula monyet berekor panjang yang hidup bebas di kawasan ini.

Lokasi dan tiket masuk

Ekowisata Mangrove Wonorejo berada di pantai bagian timur Surabaya. Kawasan ekowisata ini tak jauh dari pusat kota, tepatnya berada di Jalan Raya Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Untuk dapat masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo pengunjung tidak dikenai biaya alias gratis. Namun, bagi yang ingin merasakan sensasi menyusuri hutan bakau dengan perahu, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Pengunjung bisa menyusuri muara Sungai Brantas dengan perahu untuk mengetahui kekayaan hayati yang dimiliki hutan ini dengan waktu sekitar 20 menit. Selain perahu pengunjung juga bisa menyewa speedboat dengan kapasitas 6 orang dengan biaya sekitar Rp 300.000.

Wisata mangrove dibuka pada hari Sabtu dan Minggu juga hari libur dan buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Sedangkan pada hari kerja, pengunjung harus menghubungi pihak pengelola wisata mangrove terlebih dahulu jika ingin melakukan kunjungan studi bagi pelajar.

Wisata Mangrove Gunung Anyar

Hutan Mangrove Gunung Anyar (Sumber: surabaya.go.id)

Secara administratif, Wisata Mangrove Gunung Anyar memang berada di Kabupaten Sidoarjo. Namun, wisata ini menjadi pilihan favorit warga Surabaya untuk menikmati kesejukan hutan mangrove. Wisata Mangrove Gunung Anyar serupa dengan Mangrove Wonorejo.

Pembangunan Wisata Mangrove Gunung Anyar terus dikembangkan usai dicanangkannya rencana pembuatan Kebun Raya Mangrove di Surabaya. Beragam fasilitas rekreasi tersedia di kawasan ini. Pengunjung dapat menikmati kawasan hutan mangrove berpadu dengan fasilitas yang ada.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Wisata Mangrove Gunung Anyar

 

Di kawasan ini terdapat jogging track sepanjang 20 meter yang terbuat dari bambu dan disusun memanjang melintasi kawasan pohon mangrove. Pengunjung bisa jogging santai menikmati hijaunya hutan mangrove ditemani kicauan burung yang merdu.

Di sepanjang kawasan ini terdapat spot foto dengan lansekap hijaunya hutan bakau yang banyak dicari pengunjung. Tempat foto ini berupa lingkaran bambu yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Ada pula gazebo yang berada di tengah hutan bakau tempat pengunjung bisa bersantai. Di ujung timur Kebun Raya mangrove di Surabaya, terdapat terdapat menara pandang setinggi 12 meter yang bisa digunakan unuk melihat kawasan mangrove dari ketinggian.

Terdapat pula wisata perahu yang membawa pengunjung berkeliling hutan mangrove. Pengunjung juga bisa belajar tentang konservasi mangrove.

Lokasi Wisata Mangrove Gunung Anyar

 

Wisata Mangrove Gunung Anyar berada tak jauh dari Mangrove Wonorejo. Wisata Mangrove Gunung Anyar berlokasi di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Wisata Mangrove Gunung Anyar dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor.

Wisata Mangrove Gunung Anyar buka dari pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk dapat memasuki kawasan ini Anda tak dikenakan tiket masuk alias gratis. Cukup membayar parkir kendaraan yang dibawa. Tapi, bagi yang ingin ikut menaiki perahu, dikenakan biaya tambahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pecat Menteri AL Amerika Serikat, Donald Trump Intervensi Militer?

Posted: 24 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Donald Trump memecat Menteri Angkatan Laut Amerika Serikat Richard Spencer. Pemecatan dilakukan usai Spencer berselisih paham terkait keputusan Trump mengembalikan pangkat Komando SEAL AS Edward Gallagher yang sebelumnya dituduh melakukan kejahatan perang.

Richard Spencer digulingkan sebagai Menteri Angkatan Laut yang berupakan jabatan sipil, dalam sebuah kasus yang telah memicu laporan kemarahan di antara para pemimpin militer AS atas campur tangan Trump dalam kasus-kasus pelanggaran disiplin. Ia pun melancarkan kritik kepada Trump pada Minggu 24 November.

"Saya tidak lagi berbagi pemahaman yang sama dengan Panglima Tertinggi (Donald Trump) yang menunjuk saya, sehubungan dengan prinsip-prinsip kunci ketertiban dan disiplin yang baik," kata Spencer dalam sebuah surat yang diterbitkan media AS, seperti dikutip dari AFP, Senin (25/11/2019).

"Dengan ini saya mengakui pemutusan hubungan saya sebagai Menteri Angkatan Laut Amerika Serikat," imbuhnya.

Perselisihan Spencer dan Donald Trump berpusat pada nasib Edward Gallagher yang dituduh melakukan kejahatan perang dalam kasus profil tinggi tetapi dinyatakan bersalah atas pelanggaran yang lebih kecil.

Pada 15 November, Trump memutuskan untuk membalikkan penurunan pangkat Gallagher.

Dalam tweet-nya, Donald Trump mengatakan Gallagher telah "diperlakukan sangat buruk" oleh angkatan laut. Atas hal itu ia meminta Spencer untuk mengundurkan diri karena masalah ini dan atas dugaan kegagalannya untuk mengatasi kelebihan anggaran.

Trump menegaskan, Gallagher tidak akan diusir dari pasukan elit SEAL. "Eddie (Gallagher) akan pensiun secara damai dengan semua penghargaan yang telah diraihnya," tulis Trump.

Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan dia telah meminta pengunduran diri Spencer, "setelah kehilangan kepercayaan dan kepercayaan padanya tentang kurangnya keterbukaannya atas pembicaraan dengan Gedung Putih." 

Esper mengaku, "sangat terganggu dengan perilaku ini."

 

Trump Diduga Intervensi Militer

Donald Trump saat mengumumkan hengkangnya AS dari Kesepakatan Paris di Gedung Putih (1/6/2017) (AP Photo/Andrew Harnik)

Angkatan Laut AS telah meluncurkan prosedur disiplin yang bisa melucuti Gallagher dan tiga anggota lain dari unitnya dari "pin Trident" bergengsi mereka - secara efektif mengambil mereka dari pasukan SEAL. Tetapi intervensi Trump tampaknya mempersingkat proses itu.

Trump bulan ini juga menampik hukuman pembunuhan tingkat dua terhadap Letnan Satu Angkatan Darat Clint Lorance, yang enam tahun menjalani hukuman 19 tahun karena memerintahkan tentara pada 2012 untuk menembak tiga pria Afghanistan yang tidak bersenjata dengan sepeda motor, dua di antaranya tewas.

Dan dia memberikan grasi kepada lulusan West Point Matt Golsteyn, mantan anggota elit Baret Hijau AS, yang didakwa dengan pembunuhan berencana dalam penembakan kematian seorang pembuat bom Taliban pada 2010.

Gallagher, seorang komando Navy SEAL (Laut, Udara, dan Darat), dituduh dalam penikaman sampai mati seorang tahanan Negara Islam yang terluka di Irak pada tahun 2017, mencoba pembunuhan warga sipil lainnya dan menghalangi keadilan.

Pada Juli, ia dibebaskan dari dakwaan terkait dengan tuduhan-tuduhan itu tetapi dihukum karena berpose dengan tubuh pejuang yang terbunuh dalam sebuah foto kelompok dengan SEAL lainnya.

Akibatnya, pangkat dia diturunkan satu peringkat, dari kepala perwira kecil ke perwira kecil kelas satu.

Gallagher menuduh angkatan laut bertindak sebagai pembalasan setelah ia mengajukan pengaduan. "Mereka bisa saja mengambil Trident (pin) saya kapan saja mereka mau," katanya.

"Sekarang mereka mencoba mengambilnya setelah presiden mengembalikan jabatanku."

Kasus Gallagher telah diperjuangkan dengan kuat oleh pangkalan konservatif Trump, tetapi juga menuai kritik bahwa presiden merusak proses pengadilan militer.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Balik Kemeriahan Suryanation Motorland Show Off 2019

Posted: 24 Nov 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berlangsung selama dua hari (23-24/11) di Ballroom JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Suryanation Motorland Show Off yang merupakan puncak dari rangkaian acara Suryanation Motorland Battle 2019 menghadirkan format berbeda.

Rangkaian acara dibuka dengan sesi rolling thunder di dua titik kumpul di wilayah Jakarta, serta memperkenalkan 5 pemenang Suryanation Motorland Battle yang berasal dari Medan, Palembang, Makassar, Denpasar dan Surabaya.

"Selain membawa konsep baru dan untuk pertama kalinya diadakan di Jakarta, ajang ini juga mengundang builder-builder internasional serta puluhan builder nasional untuk hadir bersama dengan motor karyanya." ujar Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committe.

Jawara kelima kota ini kembali menampilkan motor andalannya untuk memperebutkan gelar The Greatest Bike Suryanation Motorland 2019. Untuk menentukan motor terbaik, diadakan sistem penilaian baru, yakni penjumlahan poin dari masing-masing juri.

Tak hanya itu, kelima builder internasional juga membawa motor karya mereka yang dipamerkan selama dua hari dalam venue acara. Di area Builder's Island Lounge pengunjung bisa melihat motor milik builder Internasional yang akan berdampingan dengan motor-motor milik builder terbaik Indonesia dengan kolase foto beserta dokumentasi video yang disebut dengan "the journinspiration".

Menjadi salah satu acara utama, penampilan perdana "The Spirit", Iconic Bike Suryanation Motorland 2019 yang dibuat oleh Smoked Garage Indonesia, Bali menarik perhatian.

Iconic Bike Suryanation Motorland 2019

Iconic Bike merupakan salah satu ritual tahunan dari Suryanation Motorland untuk memberikan inspirasi bagi pecinta dunia kustom dan roda dua Indonesia.

'The Spirit" dibangun menggunakan basis motor Soft Tail tahun 2000 dengan gaya Neo Board Tracker. Proses pembuatan motor ini berlangsung selama tiga bulan dan sudah mengalami perubahan mulai dari bagian mesin hingga sasis.

Selain melihat karya-karya terbaik dari builder, pengunjung yang hadir juga bisa melihat sederet artworkers terbaik Indonesia, serta deretan merek motor ternama dan berbagai tenant apparel.

"Berbagai keseruan acara konten acara Suryanation Motorland Show Off kami harapkan bisa memberikan inspirasi bagi pengunjung yang ingin melihat lebih dekat perkembangan dunia custom internasional dan juga perkembangan dunia custom di Indonesia," ujar Rizky.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendes PDTT Beri Penghargaan bagi Desa Inovatif

Posted: 24 Nov 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan penghargaan kepada Desa, Kabupaten dan Provinsi yang memenangkan nominasi program inovasi desa 2019.

Tiga Provinsi terbaik yang memenangkan Program Inovasi Desa 2019 yaitu Lampung, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Abdul Halim Iskandar, sebagai Menteri Kemendes PDDT dan Budi Arie Setiadi, sebagai Wakil Menteri Kemendes PDTT sebagai apresiasi dan dukungan kepada pelaksana program inovasi desa.

 

Setelah pemberian penghargaan, Acara Rapat Koordinasi Nasional, Program Inovasi Desa Tahun 2019, dibuka oleh Muhajir Effendy, selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Merlynn Park, Senin (25/11/2019)

Dalam Pidatonya, ia berpesan dalam mewujudkannya program terbaik mempercepat pembangunan desa di perlukannnya 4C.

"Dalam membangun kemajuan desa, tidak bisa menggunakan cara lama diperlukan Inovasi di berbagai bidang untuk mempercepat pembangunan desa salah satunya dengan 4C yaitu Critical Thingking, Creative and Inovation, Communication Skill dan Collaboration," ujarnya.

Selanjutnya, Pemukulan gong pada pukul 10.56 oleh Budie Arie Setiadi, Wakil Menteri Kemendes PDTT yang ditemani oleh Muhajir Effendy, Abdul Halim Iskandar dan beberapa perwakilan kepala daerah sebagai bukti acara resmi dibuka pada Selasa,25 November hingga 27 November mendatang.

Reporter: Rizki Putra Aslendra

Kemendes: Dana Desa Boleh Dimanfaatkan untuk Atasi Masalah Gizi

Desa Pentingsari, Yogyakarta. (Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes) Anwar Sanusi menegaskan dana desa boleh dimanfaatkan untuk pembangunan di bidang kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi gizi buruk.

"Dana desa boleh dipergunakan dalam bidang kesehatan. Misalnya mengatasi problem (masalah) gizi buruk. Ya, itu boleh saja kok," kata Anwar dalam acara 'Pertemuan Koordinasi Tim Nusantara Sehat Batch 9, 10, 11 di Jakarta pada Selasa (6/8/2019) malam. 

Di bidang kesehatan, dana desa boleh untuk mendukung ketersediaan ambulans dan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kader kesehatan. Pemanfaatan dana desa bertujuan mendukung pembangunan desa, baik fasilitas dan sarana prasarana lain.

"Yang pasti, dana desa yang disalurkan diperuntukkan untuk membangun infrastruktur dan meningkatan pemberdayaan masyarakat, termasuk dalam bidang kesehatan," lanjut Anwar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belasan Kendaraan di Jaksel Ditilang karena Terobos Jalur Sepeda

Posted: 24 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Petugas gabungan menilang 15 kendaraan karena melintas di jalur sepeda Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Senin.

Belasan kendaraan tersebut ditilang saat dilakukan operasi gabungan penerapan sanksi pelanggar jalur sepeda pukul 07.00 WIB sampai dengan 08.48 WIB.

Anggota Subdit Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya Iptu Mudji Raharjo mengatakan, pada saat penindakan, lalu lintas di Jalan Raya Panglima Polim kondusif, pengendara kendaraan bermotor tersebut banyak melintas di atas jalur sepeda.

"15 kendaraan tersebut terdiri atas 13 unit sepeda motor dan dua unit kendaraan roda empat," katanya dikutip dari Antara, Senin (25/11/2019).

Menurut Mudji, sebagian besar pengendara yang diproses tilang mengaku tahu aturan jalur sepeda tersebut, sebagian lagi beralasan tidak tahu dan menganggap wajar saja jika melintas di atas jalur hijau yang jadi jalur khusus sepeda.

Bagi pengendara yang tidak tahu, lanjut Mudji, pihaknya memberikan pengertian tentang aturan tersebut seperti apa dan bagaimana sanksinya.

Penindakan yang dilakukan aparat gabungan Polisi, Dishub dan TNI ini sesuai Peraturan Gubernur Nomor 128 Tahun 2019 tentang Jalur Sepeda.

Kendaraan yang melintas di jalur sepeda dikenai Pasal 287 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas akan dikenai sanksi berupa tilang dengan denda Rp 500 ribu atau kurungan selama dua bulan.

Mudji mengatakan tim Lintas Jaya melakukan patroli rutin di jalur sepeda fase I, fase II dan fase III pada pagi dan sore hari.

Imbau Patuhi Aturan

Kendaraan melintasi jalur sepeda di Jalan Fatmawati Raya, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019). Mulai 20 November 2019, penindakan atau tilang diberlakukan kepada para penerobos jalur sepeda di Jakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Mudji mengimbau kepada masyarakat pengendara sepeda motor untuk mematuhi aturan yang ada, ketika melintas hindari penggunaan jalur sepeda.

"Jika ingin melintas silakan digaris putus-putus, karena di situ boleh melintas, tapi kalau garis lurus tanpa putus itu sudah jalur sepeda siapa yang berhenti atau melintas dikenai sanksi," kata Mudji.

Salah satu pengendara ojek daring yang ditilang karena melanggar jalur sepeda beralasan kalau dirinya baru lewat setelah keluar dari gedung parkiran.

"Saya enggak tau ada razia jalur sepeda, saya baru keluar dari parkiran begitu melintas ada polisi langsung diberhentikan," kata pengendara ojek daring tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menandatangani aturan mengenai penyediaan lajur sepeda pada Rabu (20/11).

Berikut adalah jalur-jalur sepeda yang disebutkan dalam Pergub 128/2019: Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Salemba Raya, Jalan Proklamasi, Jalan Penataran, Jalan Pramuka, Jalan Pemuda, Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Sisingamangaraja.

Selanjutnya Jalan Panglima Polim, Jalan RS Fatmawati Raya, Jalan Tomang Raya, Jalan Kyai Caringin, Jalan Cideng Timur, Jalan Cideng Barat, Jalan Kebon Sirih, Jalan Fachrudin, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat dan Jalan Jatinegara Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaji Alexis yang Ditanggung MU Melebihi Bayaran Seluruh Skuat Sheffield United

Posted: 24 Nov 2019 09:30 PM PST

Manchester - BpmberManchester United (MU), Alexis Sanchez, sedang menjalani masa peminjaman selama semusim di klub raksasa Italia, Inter Milan. Ironisnya, gaji sang pemain yang harus ditanggung MU, masih lebih besar daripada bayaran seluruh pemain Sheffield United. 

Seperti dilansir Sportbible, Inter Milan hanya membayar gaji Sanchez senilai 4,5 juta pounds (Rp81,3 miliar)  per tahun. Padahal gaji pemain Chile itu mencapai 21 juta pounds (Rp379,5 miliar) per tahun. 

Artinya, MU masih harus membayar gaji Sanchez senilai 16,5 juta pounds (Rp296,4 miliar) per tahun. Padahal gaji keseluruhan pemain Sheffield hanya mencapai 14 juta pounds per tahun. 

Sanzhez merupakan salah satu pembelian terburuk MU dalam beberapa tahun terakhir. Setan Merah menggaet Sanchez dengan banderol mencapai 35 juta pounds (Rp632,6 miliar). Transfer itu juga melibatkan pertukaran pemain, yaitu perpindahan Henrikh Mkhytarian dari MU ke Arsenal. 

Namun, Sanchez tak pernah bisa beradaptasi dengan baik di Old Trafford. Dia hanya mencetak lima gol 45 penampilan bersama MU. Kinerja Sanchez itu sangat ironis karena dirinya menerima gaji besar di MU. 

MU sebenarnya sangat ingin menjual Alexis Sanchez secara permanen pada musim panas 2019. Namun, MU kesulitan menemukan klub pembeli Sanchez. Faktor penghalangnya adalah gaji Sanchez yang sangat tinggi.  Meminjamkan sang striker ke Inter Milan adalah opsi terbaik. 

 

Aktivitas di Bursa Transfer

Pemain Sheffield United. (OLI SCARFF / AFP)

Ketimpangan faktor ekonomi antara MU dan Sheffield United juga bisa dievaluasi dari aktivitas kedua klub di bursa transfer. 

Secara keseluruhan skuat terbaik Sheffield United hanya mencapai nominal 34 juta pounds (Rp614,5 miliar). Bahkan, nilainya terpangkas menjadi setengahnya jika pembelian termahal Sheffield, Oli McBurnie, diparkir di bangku cadangan. 

Nominalnya sangat kontras dengan kondisi United. United harus merogoh kocek masing-masing senilai 80 juta pounds (Rp1,44 triliun) dan 50 juta pounds (Rp903,7 miliar) pada musim panas untuk memboyomg Harry Magueire dan Aaron Wan-Bissaka. 

Salah satu pemain kunci Sheffield pada musim ini adalah kiper Dean Henderson, yang menariknya merupakan pemain pinjaman dari Setan Merah. 

Sumber: Sportbible 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ahok Resmi Diangkat Sebagai Komisaris Utama PT Pertamina

Posted: 24 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi diangkat sebagai komisaris utama PT. Pertamina Persero. Pengangkatan di lakukan di kementerian BUMN hari Senin (25/11)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei nova 5T Pro Ditopang RAM 8GB dan Kamera 48MP?

Posted: 24 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei terus merilis varian baru smartphone. Setelah sebelumnya meluncurkan nova 5T pada Agustus lalu, kini perusahaan menyiapkan varian lain yakni nova 5T Pro.

Dilansir GSM Arena, Senin (25/11/2019), Huawei nova 5T Pro dilaporkan muncul di situs web Android Enterprise milik Google. Informasi yang tercantum mengenai smartphone tersebut termasuk gambarnya yang mirip dengan desain 5T.

Selain itu, nova 5T Pro juga diketahui memiliki layar berukuran 5,5 inci, RAM 8GB, dan berbasis pada OS Android Pie. Smartphone ini juga hadir dengan chip NFC, sensor pemindai sidik jari, serta akan tersedia dalam dua pilihan memori internal yakni 128GB dan 256GB.

Lebih lanjut, spesifikasi lain Huawei nova 5T Pro antara lain prosesor Kirin 980, empat kamera dengan salah satunya memiliki resolusi 48MP, baterai 4.000mAh, dan dukungan fast charging 22,5W.

Peluncuran Global Huawei P40 Bakal Sesuai Rencana

Huawei P30 Pro. Liputan6.com/Jeko I.R.

Selain seri nova, Huawei juga sedang menyiapkan smartphone lain yakni seri P40. Huawei dilaporkan akan merilis flagship P40 dan P40 Pro di pasar global secepat mungkin setelah pengumumannya.

Huawei bertekad dengan rencananya ini, meski flagship Mate 30 yang beberapa waktu lalu diumumkan di Jerman, belum tersedia di banyak pasar.

Dilansir Phone Arena, Huawei biasanya mengumumkan seri P terbaru pada akhir Maret, sehingga peluncurannya diperkirakan tidak akan lama setelahnya. Sayangnya, belum ada rincian informasi tentang tanggal peluncurannya.

Rencana peluncuran P40 ini disampaikan oleh The Information. Namun, tidak ada keterangan soal cara Huawei mengatasi larangan perdagangan Amerika Serikat (AS), sehingga nantinya peluncuran P40 tidak terhambat seperti Mate 30.

Seperti diketahui, AS tidak mengizinkan Huawei menggunakan produk-produk buatan AS, termasuk ekosistem milik Google. Akibatnya, flagship Huawei Mate 30, tidak bisa menggunakan layanan Google termasuk Play Store, Maps, Chrome, dan YouTube.

Seri P40 sendiri dilaporkan akan menjadi flagship Huawei dengan prosesor Kirin 990. Smartphone ini diprediksi memiliki layar curved-edge dan beberapa kamera belakang dengan kemampuan fotografi terbaik.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

American Music Awards 2019 Umumkan Daftar Lengkap Pemenang

Posted: 24 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - - Ajang penghargaan American Music Awards atau AMAs kembali digelar untuk yang ke-47 kalinya pada Senin (25/11/2019) waktu Indonesia di Microsoft Theater, Los Angeles, Amerika Serikat. Akhirnya diketahui siapa pemenang dari deretan penyanyi papan atas dunia yang masuk dalam nominasi American Music Awards 2019.

Beberapa nama yang menjadi sorotan dalam American Music Awards 2019 adalah Post Malone, Ariana Grande, Billie Eilish, dan Taylor Swift.

Post Malone mendapat tujuh nominasi, menjadi yang paling banyak di American Music Awards 2019. Disusul oleh Ariana Grande dan Billie Eilish dengan enam nominasi serta Taylor Swift dengan lima nominasi.

Penghargaan Khusus untuk Taylor Swift

Taylor Swift. (Kevork Djansezian/Getty Images/AFP)

Menariknya, Taylor Swift meraih penghargaan khusus, Artist of the Decade. Ia pun tampil di acara ini dengan lagu-lagu hit-nya secara medley.

Selain itu, ada juga penampilan-penampilan istimewa dari Selena Gomez, Shawn Mendes - Camila Cabello, Toni Braxton, Green Day, Jonas Brothers, Post Malone, dan Dua Lipa.

 

Siapa Saja yang Meraih Piala AMAs 2019

Post Malone (Billboard)

Para artis yang dipanggil sebagai pemenang, meraih piala AMAs 2019 sebagai simbol kebanggaan mereka.

Liputan6.com pun berhasil mendapatkan daftar pemenang selama acara berjalan seperti terlihat di bawah ini. Yuk intip daftar pemenangnya.

Daftar Pemenang (1)

Artist of the Decade

Taylor Swift

 

Artist of the Year

Taylor Swift

Drake

Ariana Grande

Halsey

Post Malone

 

New Artist of the Year

Billie Eilish

Luke Combs

Lil Nas X

Lizzo

Ella Mai

 

Collaboration of the Year

"Señorita" - Shawn Mendes & Camila Cabello

"Shallow" - Lady Gaga & Bradley Cooper

"Old Town Road" - Lil Nas X featuring Billy Ray Cyrus

"Happier" - Marshmello & Bastille

"Sunflower" - Post Malone & Swae Lee

 

Tour of the Year

BTS

Ariana Grande

Elton John

Pink

Ed Sheeran

 

Favorite Music Video

"You Need to Calm Down" - Taylor Swift

"Bad Guy" - Billie Eilish

"7 Rings" - Ariana Grande

"Without Me" - Halsey

"Old Town Road" - Lil Nas X featuring Billy Ray Cyrus

 

Favorite Social Artist

BTS

Billie Eilish

EXO

Ariana Grande

Shawn Mendes

 

Favorite Soundtrack

Bohemian Rhapsody - Queen

A Star Is Born - Lady Gaga & Bradley Cooper

Spider-Man: Into the Spider-Verse

 

Favorite Male Artist (Pop/Rock)

Khalid

Drake

Post Malone

 

Favorite Female Artist (Pop/Rock)

Taylor Swift

Billie Eilish

Ariana Grande

 

Favorite Duo or Group (Pop/Rock)

BTS

Jonas Brothers

Panic! at the Disco

 

Favorite Album (Pop/Rock)

Lover - Taylor Swift

When We All Fall Asleep, Where Do We Go? - Billie Eilish

Thank U, Next - Ariana Grande

 

Favorite Song (Pop/Rock)

"Without Me" - Halsey

"Sucker" - Jonas Brothers

"Old Town Road" - Lil Nas X featuring Billy Ray Cyrus

"High Hopes" - Panic! at the Disco

"Sunflower" - Post Malone & Swae Lee

 

Favorite Male Artist (Country)

Kane Brown

Luke Combs

Thomas Rhett

 

Daftar Pemenang (2)

Favorite Female Artist (Country)

Carrie Underwood

Kelsea Ballerini

Maren Morris

 

Favorite Duo or Group (Country)

Dan + Shay

Florida Georgia Line

Old Dominion

 

Favorite Album (Country)

Cry Pretty - Carrie Underwood

Experiment - Kane Brown

Dan + Shay - Dan + Shay

 

Favorite Song (Country)

"Speechless" - Dan + Shay

"Beautiful Crazy" - Luke Combs

"God's Country" - Blake Shelton

 

Favorite Artist (Rap/Hip Hop)

Cardi B

Drake

Post Malone

J. Cole

Lil Uzi Vert

 

Favorite Album (Rap/Hip Hop)

Hollywood's Bleeding - Post Malone

Championship - Meek Mill

Astroworld - Travis Scott

 

Favorite Song (Rap/Hip Hop)

"Old Town Road" - Lil Nas X featuring Billy Ray Cyrus

"Sicko Mode" - Travis Scott

"Wow" - Post Malone

 

Favorite Male Artist (Soul/R&B)

Bruno Mars

Khalid

Chris Brown

 

Favorite Female Artist (Soul/R&B)

Beyoncé

Ella Mai

Lizzo

 

Favorite Album (Soul/R&B)

Free Spirit - Khalid

Indigo - Chris Brown

Ella Mai - Ella Mai

 

Favorite Song (Soul/R&B)

"Talk" - Khalid

"Juice" - Lizzo

"Trip" - Ella Mai

 

Favorite Artist (Alternative Rock)

Billie Eilish

Panic! at the Disco

Imagine Dragons

 

Favorite Artist (Adult Contemporary)

Taylor Swift

Maroon 5

P!nk

 

Favorite Artist (Latin)

J Balvin

Bad Bunny

Ozuna

 

Favorite Artist (Contemporary Inspirational)

Lauren Daigle

MercyMe

For King & Country

 

Favorite Artist (Electronic Dance Music)

Marshmello

Avicii

The Chainsmokers

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahok Jadi Komut, Simak Susunan Lengkap Direksi dan Komisaris Baru Pertamina

Posted: 24 Nov 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan dan mengangkat 1 direksi dan 3 komisaris baru PT Pertamina (Persero). Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) untuk komisaris Nomor 282/MBU/11/2019 dan Direksi melalui SK Nomor 283/MBU/11/2019.

Dengan ditetapkannya SK tersebut maka posisi Direktur Keuangan Pertamina saat ini diemban oleh Emma Sri Martani yang sebelumnya menjadi Direktur Utama Telkomsel. Emma menggantikan Pahala Mansury yang kini ditunjuk sebagai Direktur Bank Tabungan Negara (BTN).

Kemudian untuk Komisaris Utama PT Pertamina ditempati oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok menggantikan posisi sebelumnya yang ditempati oleh Tantri Abeng.

Kemudian, untuk Budi Gunadi Sadikin ditetapkan sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina, menggantikan Arcandra Tahar. Lalu ada juga Condro Kirono yang dotetapkak sebagai komisaris baru menggantikan Gatot Trihargo.

"Jadi tadi sekitar jam 10 udah diadakan penyerahan keputusan dari menteri BUMN selaku RUPSLB ya PT Pertamina tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota direksi maupun dewan komisaris PT Pertamina. Untuk Pertamina ditetapkan 1 direktur dan 3 komisaris baru," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11/2019).

 

Susunan Komisaris dan Direksi

Maskot Asian Games  2018, Bhin-Bhin terpampang di video mapping atau layar bergerak di Gedung Utama Pertamina, Jakarta, Kamis (5/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Dengan demikian maka berikut susunan Komisaris dan Direksi PT Pertamina yang baru :

Jajaran Komisaris Baru Pertamina

- Komisaris Utama: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

- Wakil Komisaris Utama : Budi Gunadi Sadikin

- Komisaris : Condro Kirono

- Komisaris : Ego Syahrial

- Komisaris : Suahasil Nazara

- Komisaris : Alexander Lay

 

Jajaran Direksi Baru Pertamina

- Direktur Utama : Nicke Widyawati

- Direktur Keuangan : Emma Sri Hartini

- Direktur Hulu : Dharmawan Samsu

- Direktur Pengolahan : Budi Santoso Syarif

- Direktur Pemasaran Koorporat: Basuki Trikora Putra

- Direktur Pemasaran Ritel: Mas'ud Khamid

- Direktur Logistik Supplay Chain dan Infrastruktur : Gandhi Sriwidodo

- Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ignatius Tallulembang

- Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko : Heru Setiawan

- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM): Koeshartanto

- Direktur Manajemen Aset: M Haryo Yunianto

 

Harapan Komisaris dan Direksi Baru

Di sisi lain, Fajriah mengatakan dengan susuan baru ini, Kemeterian BUMN menginginkan agar para anggota direksi maupun komisaris dapat mendorong kinerja Pertamina lebih baik.

"Intinya seperti itu, ada beberapa langkah langkah yang harus dilakukan pengurus baru untuk bisa meningkatkan kapasitas dan juga membawa Pertamina ini menjadi global player di masa yang akan datang," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komplotan Rampok Menyatroni Pabrik Air Mineral, Uang Rp40 Juta Dibawa Kabur

Posted: 24 Nov 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Banten - Komplotan perampok bersenjata api menyatroni sebuah pabrik air mineral di Jalan Raya Pandeglang, Kampung Tajur, Desa Mekar Agung, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, Senin dini hari (25/11/2019), sekitar pukul 03.00 WIB.

Dua orang sekuriti bernama Ali (50) dan Dedy Mulyana (45) yang ada di lokasi tak mampu berbuat banyak lantaran di bawah ancaman senjata api. Bahkan keduanya diikat komplotan perampok yang berjumlah 5 orang itu.

"Pelaku masuk ke dalam area kantor kemudian pelaku mengancam sekuriti yang sedang jaga di pos, kemudian pelaku mengikat kedua sekuriti dan pelaku sambil berkata 'diam kamu, nanti saya tembak'," kata Kapolsek Cibadak, Iptu Indik Rusmono kepada Liputan6.com, Senin (25/11/2019).

Usai diikat kaki dan tangannya, mulut Dedi Mulyana dan Ali dilakban agar tidak bisa berteriak. Tak hanya itu, kepala Dedi juga sempat dipukul menggunakan linggis oleh salah satu pelaku.

Komplotan perampok berhasil menggondol 2 ponsel dan uang tunai Rp40 juta.

"Pelaku berhasil membongkar brankas di dalam kantor dan membawa uang Rp40 juta. Setelah melancarkan aksinya, kelima pelaku melarikan diri," ungkap Indik.

Setelah komplotan rampok melarikan diri, kedua korban segera membuka lakban yang menutup mulutnya. Korban pun langsung berteriak meminta tolong. Beruntung ada warga yang melintas, dan langsung menolong korban.

"Korban dan warga kemudian melapor ke kita (Polsek Cibadak). Pagi tadi kita langsung olah TKP. Kelima pelaku sedang dalam penyelidikan kita," kata Indik menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kebersamaan Ayu Ting Ting Bareng Tetangga, Kompak dan Seru

Posted: 24 Nov 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sosok Ayu Ting Ting, penyanyi dangdut yang kini kerap kali menghiasi layar kaca Tanah Air. Wanita kelahiran 20 Juni 1992 ini kini tak hanya dikenal sebagai penyanyi dangdut tetapi juga aktris dan presenter. 

Penyanyi dangdut yang mulai dikenal lewat lagu Alamat Palsu ini ternyata tak hanya sibuk sebagai publik figur. Meski disibukkan dengan jadwal padat mengisi acara, Ayu Ting Ting kerap membagikan waktu santainya untuk keluarga bahkan untuk berkumpul dengan tetangga sekalipun.

Hal ini diketahui lewat beberapa kali unggahan Ayu Ting Ting di Instargam pribadinya. Ia kerap membagikan momen kebersamaannya bersama tetangga. Wanita asal Depok ini sering menghabiskan waktu liburnya untuk berolahraga seperti bermain bulu tangkis dan bersepada bersama tetangganya. 

Penasaran seperti apa momen kebersamaan mereka? Berikut ini 6 potret kekompakan dan keseruan Ayu Ting Ting kala menghabiskan waktunya bersama tetangga dilansir dari akun Instagramnya @ayutingting92 oleh Liputan6.com, Senin (25/11/2019).

1. Ini salah satu momen Ayu Ting Ting saat bermain bulu tangkis bersama para pemuda di kampungnya.

Meski sibuk dengan jadwal sebagai publik figur, Ayu Ting Ting tetap kompak bareng tetangga. (Sumber: Instagram/@ayutingting92)

2. Ayu Ting Ting dan tetangganya tampak kompak nih.

Meski sibuk dengan jadwal sebagai publik figur, Ayu Ting Ting tetap kompak bareng tetangga. (Sumber: Instagram/@ayutingting92)

3. Ayu juga ikut bersepeda bersama dengan para tetangganya.

Meski sibuk dengan jadwal sebagai publik figur, Ayu Ting Ting tetap kompak bareng tetangga. (Sumber: Instagram/@ayutingting92)

4. Hampir setiap sabtu dan minggu pagi, Ayu membagikan momen gowesnya.

Meski sibuk dengan jadwal sebagai publik figur, Ayu Ting Ting tetap kompak bareng tetangga. (Sumber: Instagram/@ayutingting92)

5. Ayu memang dikenal akrab banget sama pemuda di sekitar tempat tinggalnya.

Meski sibuk dengan jadwal sebagai publik figur, Ayu Ting Ting tetap kompak bareng tetangga. (Sumber: Instagram/@ayutingting92)

6. Ini momen ketika kampung Ayu Ting Ting mengadakan acara 17 Agustus lalu, kompak dengan baju merah.

Meski sibuk dengan jadwal sebagai publik figur, Ayu Ting Ting tetap kompak bareng tetangga. (Sumber: Instagram/@ayutingting92)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Imbau Warga Waspada Penipuan Janji Pejabat dan Penerimaan CPNS

Posted: 24 Nov 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai maraknya penipuan baik telepon, SMS, aplikasi pesan singkat maupun media sosial yang mengatasnamakan pejabat pemkot. 

Salah satunya adalah modus penipuan janji jabatan dan penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang mengatasnamakan Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menegaskan, sehubungan dengan maraknya penipuan melalui telepon yang mengatasnamakan pejabat Pemkot Surabaya tersebut agar masyarakat berhati-hati dan tidak percaya.

"Jadi banyak sekali yang mengatasnamakan Pak Sekda telepon-telepon menjanjikan jabatan, padahal itu sebenarnya tidak benar, bohong," kata Febri di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Senin (25/11/2019).

Selain menjanjikan berupa kenaikan jabatan kepada ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan pemkot, oknum yang diketahui menggunakan nomor telpon 081334394589 dan 081218863599 itu juga mengaku dapat meloloskan peserta CPNS.  Pihaknya memastikan, hal itu juga tidak benar.

"Pemkot Surabaya menyatakan bahwa tidak ada satu pun janji dari Sekretaris Daerah berupa jabatan ataupun CPNS," tegasnya.

Motif Lama

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Dia menuturkan, sebenarnya ini merupakan motif lama tapi muncul lagi. Tentunya ini sangat meresahkan masyarakat dan merusak nama baik Sekda Kota Surabaya. Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak percaya dan menanggapi hal tersebut.

"Selain itu mungkin juga kadang ketika ada prosesi pelantikan itu juga ada oknum telepon-telepon kepada ASN yang mengaku Pak Sekda menjanjikan kenaikan jabatan dan itu tidak benar," terangnya.

Kendati demikian, pihaknya kembali menegaskan kepada ASN di lingkungan Pemkot Surabaya untuk berhati-hati. Sebab, rotasi, mutasi dan promosi jabatan tidak dilandasi permintaan uang. 

Apalagi pungutan itu mengatasnamakan pejabat pemerintah kota. Karena itu, pemkot tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat dari penipuan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sheer Angullia Menggemparkan Studio D'Academy Asia 5

Posted: 24 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ajang pencarian bakat D'Academy Asia 5 sudah memasuki TOP 16 Result Show Group 2. Para peserta dari berbagai negara semakin bersaing ketat menunjukkan yang terbaik.

Salah satu peserta D'Academy Asia 5 Sheer Angullia.Sheer merupakan perwakilan dari Singapore. Pada salah satu episode, beberapa waktu lalu, Sheer sangat menikmati lagu yang ia bawakan.

Pada penampilannya kali ini, Sheer membawakan lagu ciptaan dari Rhoma Irama berjudul "Perjuangan dan Doa".

Penasaran seperti apa penampilan Sheer Angullia yang mendapatkan 2 standing ovation di D'Academy Asia 5? Saksikan selengkapnya di channel Indosiar hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Apa Kondisi Jalur Sepeda di Hari Pertama?

Posted: 24 Nov 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Resmi berlaku hari ini, Senin (25/11/2019), pelanggar yang menerobos jalur sepeda akan ditilang. Namun, penilangan tidak berlaku bagi mereka yang menggunakan sepeda listrik, otopet, skuter, hoverboard, dan unicyle.

Sebelumnya, tahap sosialasi dan uji coba telah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupa teguran sejak September 2019 dan berakhir, Minggu, 24 November kemarin.

Pengadaan jalur sepeda merupakan bagian dari program Jakarta Ramah Bersepeda yang didorong Pemprov DKI Jakarta. Dengan harapan akan banyak warga Ibu Kota yang beralih menggunakan sepeda.

"Untuk mendorong lebih banyak warga Jakarta menggunakan sepeda sebagai alat transportasi," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Sabtu, 2 November 2019.

Polda Metro Jaya telah mengerahkan sejumlah petugas untuk mengawsi 27 titik jalur sepeda di DKI Jakarta. Lantas, seperti apa kondisi lintasan di jalur sepeda di hari pertama?

Masih Ada yang Melanggar

Jalur sepeda di Jalan Fatmawati Raya, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019). Pemprov DKI menerapkan tilang kepada para penerobos jalur sepeda setelah uji coba selama beberapa bulan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Hingga pukul 08.00 WIB, Liputan6.com mencoba menelusuri jalur sepeda. Dimulai dari Jalan Sudirman yang berada persis samping kawasan Polda Metro Jaya.

Sejauh ini, jalur kecil di samping kiri jalan memang ada. Namun, tanpa simbol pesepeda di dalam kotak hijau. Pengendara motor dan mobil pun masih masuk jalur tersebut.

Simbol itu baru muncul saat memasuki Jalan Sisingamangaraja. Di lampu merah setelah Gedung Asean mengarah ke Blok M, ada dua petugas yang berjaga. Meski begitu, tidak terlihat penilangan dilakukan meski beberapa motor masuk ke jalur sepeda.

Rata-rata pengendara motor yang masuk di jalur sepeda adalah pengemudi ojek online yang bermaksud menepikan kendaraan dan menunggu pengorder layanan jasa antar tersebut.

Begitu pun dengan kondisi jalur sepeda di Jalan Diponogoro. Masih banyak pengendar sepeda motor yang melintasi jalur sepeda.

Bakal Ditilang Rp 500 Ribu

Kendaraan melintasi jalur sepeda di Jalan Fatmawati Raya, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019). Pemprov DKI menerapkan tilang kepada para penerobos jalur sepeda setelah uji coba selama beberapa bulan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jika sebelumnya pada tahap sosialisasi hanya berupa teguran, per hari ini, pelanggar akan dikenakan sanksi tilang.

"Sanksi teguran sudah berakhir pada hari Minggu tanggal 24 November 2019 , selanjutnya besok penegakan aturan berupa penilangan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus.

Dalam Pasal 284 ayat 1 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus riburupiah).

Kemudian Pasal 287 ayat 1 berbunyi: Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau marka jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2(dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Tak Ada Petugas yang Mengawasi

Kendaraan melintas di samping jalur khusus sepeda di Jalan Fatmawati Raya, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019). Anggaran pembangunan jalur sepeda semula Rp 4,4 miliar lalu ada penambahan dana Rp 69,2 miliar hingga total anggarannya menjadi Rp 73,7 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya diinformasikan, Polda Metro Jaya akan mengerahkan mengerahkan sejumlah petugas untuk megawasi 27 titik jalur sepeda di DKI Jakarta.

Namun, dari pantauan Liputan6.com, tak terlihat petugas yang mengawasi jalur sepeda di Jalan Pramuka, Jakarta Timur. Sejumlah pengendara motor juga masih melintas di depan saya.

Jalur fase pertama ini sepanjang 25 kilometer dengan rute Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Tugu Proklamasi, Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan ke MH Thamrin, dan JalanMerdeka Selatan. Panjang jalur sepeda di seluruh ibu kota sepanjang 63 kilometer terdiri tiga fase.

Tiba di Jalan Proklamasi sekitar pukul 06.30 WIB, hampir seluruh ruas jalur sepeda, dipenuhi pengendara sepeda motor. Tak terlihat satupun polisi mengawasi atau menilang para pelanggar.

Jalur Sepeda Sepi

Hari Pertama Pemberlakuan Tilang, Jalur Sepeda di Sudirman Sepi (Liputan6/Ade Nasihudin)

Pantauan Liputan6.com, jalur sepeda sepanjang Jalan Sudirman tidak banyak dilalui pesepeda, maupun pengguna skuter listrik. Pukul 08.00 sampai 09.00 WIB hanya ada satu sepeda, satu skuter listrik, dan satu skateboard yang melintas di jalur sepeda trotoar Sudirman.

Menurut salah satu petugas bernama Ahmad yang berjaga di jalur Semanggi, belum ada penilangan sepeda dan skuter listrik.

"Kalau di sini belum, karena ini jalur kecil, sepeda yang lewat pun sangat jarang. Mungkin kalau di HI dan di jalan-jalan besar itu sudah ada," kata Ahmad, di Semanggi Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

Seorang pesepeda bernama Frans mengaku sudah bersepeda di sekitar Palmerah, Slipi, Senayan, dan Sudirman.

Menurutnya, ia melihat petugas di sekitaran Senayan City. Sejauh ini ia tidak melihat adanya pesepeda dan pengguna skuter yang kena tilang.

Ketika ditanya mengenai aturan yang berlaku ia mengaku belum tahu sepenuhnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya OOTD Nisya Ahmad saat Liburan, Santai dan Stylish

Posted: 24 Nov 2019 09:15 PM PST

Foto adik Raffi Ahmad satu ini juga bisa kamu tiru. Ia memadukan baju berwarna krem dengan outer cukup panjang dengan warna senada. Ia pun menambahkan kacamata hitam sebagai aksesoris gaya busana saat liburan. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Foto adik Raffi Ahmad satu ini juga bisa kamu tiru. Ia memadukan baju berwarna krem dengan outer cukup panjang dengan warna senada. Ia pun menambahkan kacamata hitam sebagai aksesoris gaya busana saat liburan. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Saat berlibur di Jepang, Nisya pun terlihat sangat santai. Ia juga mengenakan busana dengan warna pastel yang dipadukan dengan kacamata serta jam tangan. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Saat berlibur di Jepang, Nisya pun terlihat sangat santai. Ia juga mengenakan busana dengan warna pastel yang dipadukan dengan kacamata serta jam tangan. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Nisya Ahmad juga terlihat cantik pada foto dengan mengenakan dress panjang tanpa lengan. Ia juga menambahka topi berwarna hitam serta tas kecil sebagai pelengkap. Penampilan Nisya Ahmad ini pun terbilang cukup santai. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Nisya Ahmad juga terlihat cantik pada foto dengan mengenakan dress panjang tanpa lengan. Ia juga menambahka topi berwarna hitam serta tas kecil sebagai pelengkap. Penampilan Nisya Ahmad ini pun terbilang cukup santai. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Ia juga pernah tampil cukup sporty dengan mengenakan sweater berwarna kuning dengan sneakers putih lengkap dengan kaus kaki. Bahkan, pada foto ini Nisya terlihat mengikat setengah rambutnya. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Ia juga pernah tampil cukup sporty dengan mengenakan sweater berwarna kuning dengan sneakers putih lengkap dengan kaus kaki. Bahkan, pada foto ini Nisya terlihat mengikat setengah rambutnya. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Saat berlibur di Disneyland, penampilan Nisya juga terbilang sederhana. Ia pun hanya mengenakan kaus berlengan pendek dengan celana jeans serta sneakers. Gaya rambut Nisya Ahmad juga cukup sederhana dengan mengikat seluruh rambutnya. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

Saat berlibur di Disneyland, penampilan Nisya juga terbilang sederhana. Ia pun hanya mengenakan kaus berlengan pendek dengan celana jeans serta sneakers. Gaya rambut Nisya Ahmad juga cukup sederhana dengan mengikat seluruh rambutnya. (Liputan6.com/IG/@nissyaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pererat Kerja Sama Perlindungan Anak, Indonesia Serahkan Kepemimpinan the 9th AMMSWD ke Laos

Posted: 24 Nov 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya pemenuhan hak-hak anak, Kementerian Sosial menyambut baik kerja sama dengan ASEAN. Tujuan kerja sama itu tak lain untuk memperkuat perlindungan sosial anak, sejalan dengan arus utama dalam kebijakan Kemensos.

"Rehabilitasi sosial Kementerian Sosial terhadap anak salah satunya ditujukan untuk memperkuat dukungan keluarga agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara baik. Jadi anak dan orangtua atau significant others diperkuat agar memiliki kapabilitas dan tanggungjawab sosialnya," ujar Menteri Sosial Juliari P. Batubara, di Kantor Kementerian Sosial, Selasa (27/08).

Pernyataan Menteri Juliari  itumerespon kegiatan The 10th ASEAN Ministerial Meeting for Social Welfareand Development (SOMSWD) di Vientiane, Laos pada 18-22 November 2019. Dalam acara internasional tersebut, sekaligus dirangkai dengan empat pertemuan lainnya, yakni The 14th GO-NGO Forum, the 15th SOMSWD, the 14th SOMSWD Plus Three, the 6th AMMSWD Plus Three.

Marjuki selaku Direktur Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, mewakili Menteri Sosial menyerahkan kepemimpinan the 9th AMMSWD kepada Menteri Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Sosial Laos. Dalam pertemuan itu, Kementerian Sosial diwakili Indonesia Focal Point for SOMSWD yakni Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kanya Eka Santi dan Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Biro Perencanaan.

Pertemuan dengan tema Strengthening Social Protection on Vulnerable Children in ASEAN ini,menjadi simbol komitmen negara-negara anggota ASEAN mempererat kerja sama dalam perlindungan sosial anak.

Menurut Marjuki, dalam pertemuan tersebut, para menteri dan pejabat tinggi 10 negara ASEAN menekankan pentingnya kemitraan berbagai pemangku kepentingan dalam memperbaiki sistem pembangunan kesejahteraan sosial yang berpihak pada perlindungan anak.

"ASEAN sepakat mengedepankan usaha bersama dan mobilisasi sumber daya dalam perlindungan semua anak, terutama yang rentan dan termarginalisasi," kata Direktur Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung itu.

Pertemuan juga menggarisbawahi perubahan paradigma perlindungan anak charity-based ke right-based sebagai sebuah strategi utama dalam perbaikan kebijakan perlindungan anak di tingkat nasional dan tingkat regional.

"Pertemuan itu diselenggarakan untuk meningkatkan apresiasi dan pemahaman ASEAN tentang promosi dan perlindungan hak-hak anak dari perspektif kerentanan," Marjuki menambahkan.

Forum mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam pelaksanaan Regional Framework and Action Plan to Implement the ASEAN Declaration on Strengthening Social Protection dalam konteks perlindungan anak, partisipasi anak dan pemberdayaan anak-anak dan mengajukan rekomendasi praktis untuk memperkuat perlindungan sosial bagi anak-anak yang hidup dengan dan/atau beresiko kerentanan.

Dalam kesempatan itu pula, menteri dan pejabat tinggi di ASEAN ditambah tiga Negara yaitu China, Japan, dan Korea menyoroti berbagai inisiatif SOMSWD di tingkat regional. Antara lain the Enabling Masterplan 2025: Mainstreaming the Rights of Persons with Disabilities, finalisasi

Regional Action Plan to Implement the Kuala Lumpur Declaration on Aging dan ASEAN SocialProtection Results Framework, serta adopsi dokumen ASEAN Declaration on the Protection of Children from All Forms ofOnline Abuse and Exploitation in ASEAN Member States, the ASEAN Declaration on the Rightsof Children in the Context of Migration and the Joint Statement on Reaffirmation of Commitment to Advancing the Rights of the Child in ASEAN pada the 35th ASEAN Summit 2019.

Selanjutnya the 11th AMMSWD akan diselenggarakan di Malaysia pada 2022, sementara the 15th SOMSWD direncanakan diselenggarakan di Manila pada 2020.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Vidio Quiz dengan Total Hadiah Rp 10 Juta Saldo DANA

Posted: 24 Nov 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Eitss, bukan clickbait kok. Kamu beneran bisa dapat hadiah total  Rp 10 juta dengan main Vidio Quiz Teka Teki. Kenalan dulu yuk dengan Teka Teki, program baru dari SCTV.

Sesuai namanya, Teka Teki aka Tebak Angka Tebas Rejeki, pemain diminta untuk menebak angka mulai dari harga item tertentu hingga berat dari guest star yang diundang.

Vidio Quiz turut hadir khusus untuk yang nonton Teka Teki dengan aplikasi Vidio. Berbeda dengan soal Vidio Quiz sebelumnya yang berupa kompetisi adu tepat dan cepat dengan soal pilihan ganda, Vidio Quiz Teka Teki ini memberikan perubahan segar dengan menampilkan pilihan jawaban dalam bentuk gambar.

Namun, mekanismenya serupa dengan segmen pertama program Teka Teki.

Pemain Vidio Quiz diajak untuk memilih 1 item dengan harga tertentu dari beberapa kategori unik secara paralel.

Pemain yang berhasil memilih item-item dengan jumlah harga paling mendekati harga yang telah diinstruksikan sebelumnya, akan menempati peringkat teratas. Tiap pemain diberikan waktu 5 detik untuk memilih item per kategorinya.

Cara main Vidio Quiz Teka Teki:

1. Nonton Live stream program Teka Teki SCTV di aplikasi Vidio.

2. Pastikan kamu sudah update versi terbaru.

3. Klik banner Vidio Quiz, lalu login akun Vidio yang telah terverifikasi.

4. Klik Mulai Main, pilih semua kategori yang diberikan secara tepat dan cepat!

5. Ingat, waktu untuk memilih tiap item per kategori hanya 5 detik.

6. Pastikan kamu memasukkan nomor HP yang telah terhubung dengan akun DANA untuk mendapatkan hadiahnya! 

Ikuti keseruan sensasi baru Vidio Quiz Teka Teki, Senin - Jumat pukul 12.30 - 13.30 di channel SCTV dengan aplikasi Vidio dan dapatkan total hadiah Rp 10 juta Saldo DANA!

Jangan lupa simak dulu penjelasan lebih lanjutnya di sini ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah karena Kesepakatan Perang Dagang Belum Jelas

Posted: 24 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah tipis pada perdagangan di awal pekan ini. Rupiah pada hari ini diperkirakan masih akan mengalami tekanan.

Mengutip Bloomberg, Senin (25/11/2019), rupiah dibuka di angka 14.094 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.091 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.090 per dolar AS hingga 14.094 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 2,08 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.091 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.100 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta melemah tipis di awal pekan dan diprediksi masih akan terkoreksi.

"Dalam perdagangan hari ini, baik fundamental maupun teknikal kemungkinan rupiah masih akan melemah," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Dari eksternal, AS-China diperkirakan akan mengundurkan perjanjian dagang fase I yang sebelumnya dimulai pada November 2019.

Pengunduran perjanjian dagang ini akibat kompleksitas pembicaraan dagang terutama penolakan AS terhadap permintaan China agar AS dapat berangsur-angsur menghapuskan tarif yang dikenakan terhadap China.

Dengan demikian, investor khawatir AS akan kembali menaikkan tarif pada 15 Desember 2019.

Di sisi lain, hal ini diperberat dengan Kongres AS yang meloloskan RUU tentang hak asasi manusia Hong Kong, yang dianggap mencampuri urusan dalam negeri China.

Tindakan Kongres AS menimbulkan kekhawatiran akan memanasnya kembali hubungan AS-Cina yang mempersulit damai perang dagang.

 

Penurunan Proyeksi Ekonomi Global

Sejumlah uang kertas rupiah ditunjukkan petugas di Bank BUMN, Jakarta, Selasa (17/4). Rupiah hari ini diperdagangkan dengan kisaran Rp 13.766 -Rp 13.778 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) juga telah menurunkan proyeksi pertumbuhan global menjadi di bawah 3 persen (yoy) tahun 2020.

Diperkirakan, pertumbuhan tahun 2020 justru menjadi yang terlemah sejak krisis finansial global pada 2008-2009.

OECD memperkirakan pertumbuhan global tahun 2020 tertahan dari segi perdanggan dan investasi. Pertumbuhan ekonomi AS dan China akan melambat masing-masing 2 persen (yoy) dan 5,5 persen (yoy) pada 2021.

Ibrahim memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.080 per dolar AS hingga 14.140 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Olahan Mangga Ini Bisa Dijadikan Inspirasi

Posted: 24 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Buah mangga adalah salah satu buah tropis paling populer yang banyak tumbuh di Indonesia. Saat musimnya tiba, harganya bisa sangat terjangkau dan memuaskan dahaga penggemarnya.

Selain rasanya yang nikmat, mangga juga menyimpan banyak manfaat bagi yang mengonsumsinya.

Pada kesempatan ini, Endeustv akan membagikan inspirasi olahan dari buah mangga, cocok untuk yang lagi menjalani pola hidup sehat.

Daripada jajan ke luar, mendingan coba bikin sendiri bareng resep dari Endeus. Penasaran seperti apa? Saksikan selengkapnya di channel Endeustv hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curahan Hati Victoria Beckham yang Sempat Diremehkan di Industri Fashion

Posted: 24 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sukses di bidang hiburan, Victoria Beckham kini bergelut di dunia fashion dan kecantikan. Meski sudah dikenal luas sebagai mantan personel grup vokal Spice Girl, hal itu ternyata tidak menjadi jaminan bisa berkiprah dengan mulus di bidang lain.

Victoria harus memenangkan hati para kritikus fashion yang sulit terkesan saat dirinya pertama kali meluncurkan lini busana satu dekade lalu.

Istri dari David Beckham ini mengatakan kalau kesulitan menembus industri mode, ternyata lebih besar dari yang dibayangkannya.

Dilansir dari Vogue dan Antara, koleksinya kini sering mendapatkan pujian dan penghargaan. Ia pun menyebutkan sekarang melebarkan sayap ke dunia perawatan kulit dan tata rias (make-up).

"Saya sangat menyadari tentang prasangka, menikah dengan David Beckham, menjadi Spice Girl, tiba-tiba menyuguhkan koleksi busana. Saya tahu bahwa orang yang akan meremehkan," ucapnya.

Victoria pun menambahkan kalau dia hanya fokus menciptakan pakaian dan memilih tidak mendengarkan omongan-omongan meremehkan terhadap dirinya.

Mendapat Pengakuan

Victoria Beckham mengerti fesyen lebih baik dari para tamu Royal Wedding. (CHRIS RADBURN / POOL / AFP)

Hasilnya, perempuan 44 tahun ini mengeluarkan karya-karya yang bagus dan akhirnya mendapat pengakuan dari para pengamat fesyen. 

Wanita yang akrab disapa Vick ini menyebut  mendiang kepala kreatif Chanel, Karl Lagerfeld dan Valentino Garavani dari Italia sebagai dua desainer yang telah membantunya bisa mencapai prestasi sekarang ini. Ia mengaku terkejut ketika mengenal industri yang terkenal kejam itu.

"Jika saya tahu apa yang saya tahu sekarang, saya tidak tahu apakah saya berani masuk ke dunia mode," ujarnya berkelakar.

Victoria mengatakan selain tetap fokus  di dunia fashion dan membuat produk rias wajah dan perawatan kulit, ia akan meluncurkan produk wewangian yang mungkin akan hadir tahun depan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Rp250 Juta, Pilih Mitsubishi Xpander atau Sneakers Langka Ini?

Posted: 24 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Uang sebanyak Rp250 juta bukanlah nilai yang sedikit. Dengan nominal tersebut, Anda bisa memilih mobil Mitsubishi Xpander yang dibanderol Rp 210,3 - Rp 265,1 Juta atau sepasang sneakers.

Ya, Anda tak salah bacaSneakers pun rupanya bisa memiliki harga setara mobil. Seperti diberitakan kanal Lifestyle Liputan6.com, sebuah event menarik bagi pecinta sneakers kembali digelar di Jakarta pada akhir pekan ini. Bertajuk "Airgasm", event ini merupakan ajang bagi para pecinta Nike Air Max.

Dilansir dari akun Instagram @airmaxindonesia, event ini digelar pada Sabtu, 23 November 2019 di UlyHouse Kitchen & Coffe di kawasan Jakarta Selatan.

Puluhan sneakers dipamerkan dalam event ini. Mulai dari sneakers rilisan umum sampai rilisan terbatas yang dianggap spesial.

Salah satunya adalah Nike Air Max 1 Parra Patta "Albert Heijn". Dirilis pada 2005, sneaker ini hanya tersedia 24 pasang di seluruh dunia.

Kini harganya bisa setara mobil Mitsubishi Xpander atau mencapai Rp 250 juta di forum jual beli Ebay. Hal itu memang sangat fantastis mengingat harga sepatu rilisan tipe ini hanya sejutaan rupiah saja.

 

Nike Air Max

Sneakers di Airgasm. (Liputan6.com/Vidi)

"Event ini memang ditujukan bagi pecinta Air Max di Indonesia. Persiapannya cuma 6 bulan tapi kami tak menyangka antusiasmenya luar biasa," kata Andreas, selaku Ketua Panitia Airgasm pada Liputan6.com, Minggu (24/11/2019).

"Tentu kami berharap tahun depan acaranya bisa lebih besar lagi," lanjut Andreas.

Nike Air Max pertama kali dirilis pada 1987. Sneakers ini menjadi salah satu tipe terlaris dari sepatu produksi Amerika Serikat tersebut. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Ucapan Hari Guru Nasional yang Menyentuh Hati

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kamu tahu enggak, setiap 25 November di Indonesia diperingati sebagai Hari Guru Nasional? Meski Hari Guru telah diperingati setiap 25 November, tapi karena sangat jarang diadakan kegiatan khusus di hari tersebut, wajar banyak orang yang tak tahu tentang hari nasional yang satu ini.

Namun, banyak publik, khususnya para pengguna jejaring sosial memperingati hari yang didedikasikan untuk seluruh guru itu dengan berbagai cara. Salah satu cara merayakan Hari Guru pun dengan memberikan ucapan selamat Hari Guru yang diungkapkan publik melalui jejaring sosial.

Karena itu, kami rangkum sejumlah ucapan dan kata-kata populer untuk para pahlawan tanpa tanda jasa di Hari Guru Nasional. Berikut kumpulan ucapan selamat Hari Guru yang dirangkum dari berbagai sumber.

Ucapan untuk Guru

1. Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi setiap kegelapan, semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan. Selamat Hari Guru Nasional.

2. Kepada seseorang yang telah meluangkan waktu untuk mendengarkan kekhawatiran saya, membimbing saya sepenuh hati menuju pengetahuan, dan meyakinkan saya di jalan hidup saya. Selamat Hari Guru Nasional.

3. Guru mengilhamiku untuk menemukan tujuan hidupku, dan membuatmu mampu menyadarinya. Selamat Hari Guru Nasional.

4. Guru menjadi laksana penerang bagi kami. Bukan hanya cahaya lilin, tapi semua cahaya yang berhasil menyinari kegelapan dalam hidup kami. Cahaya itu tidak akan pernah redup, bahkan akan selalu hidup di dalam hati kamu. Bagiku engkau adalah keabadian yang cahaya itu akan selalu ada dalam setiap langkah dalam menggapai asa. Selamat Hari Guru Nasional. 

5. Jangan pernah lupa betapa pentingnya pekerjaanmu.Para pemuda bangsa Indonesia sedang mencarimu untuk bimbingan, pendidikan, dan pengajaran. Terima kasih atas semua kerja kerasmu. Selamat Hari Guru Nasional.

 

Selanjutnya

6. Kau memberi asa, namunku patahkanKau memberi kebahagiaan, namunku hiraukanSebegitu besarkah kasihmu padaku? Aku baru tersadar ketika aku mulai besar. Selamat Hari Guru Nasional.

7. Tanpa banyak mengatakanTanpa banyak mengucapkanTanpa banyak memintaGuru sejati mendedikasikan dirinya sepenuh hati untuk membimbing generasi muda lebih berguna. Selamat Hari Guru Nasional.

8. Tak perlu di kenang, tak perlu di puji, dan tak perlu di kagumi. Karena engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa.

9. Bukan harta yang harus kita berikan untuk menghormati guru, bukan benda yang harus kita berikan untuk membuat senang hati guru. Tapi sikap kita dan penghormatan kita kepadanya yang bisa membuatnya senang. Selamat Hari Guru Nasional.

10. Semata-mata untuk pengabdian. Tanpa tanda Jasa, tentu berlimpah Pahala. tempatmu adalah yang terindah. Selamat Hari Guru Nasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Lampung

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Lampung - Cuaca buruk dengan potensi hujan disertai kilat akan melanda sejumlah wilayah di Provinsi Lampung pada Senin dan Selasa, 25 dan 26 November 2019. Peringatan dini itu dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut BMKG, dalam rilis prakirawan Stasiun Meteorologi Radin Inten II Bandarlampung, Senin pagi (25/11/2019), kewaspadaan potensi hujan lebat dan dapat disertai kilat dan petir itu diperkirakan di Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Way Kanan pada malam hari.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 25 November 2019 pukul 07.00 WIB sampai dengan 26 November 2019 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah timur laut-tenggara dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-28 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 5-10 km. Suhu udara secara umum berkisar antara 24 - 34 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 18-31 derajat Celsius.

Kelembapan udara secara umum berkisar antara 50-90 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 60-97 persen. Secara umum wilayah Lampung pagi hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan.

Siang dan sore hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan, berpotensi terjadi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Utara, Lampung Barat, Waykanan, dan Tulangbawang Barat.

Malam hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan, berpotensi terjadi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Utara, Lampung Barat, Waykanan, Tulangbawang, Mesuji, dan Tulangbawang Barat. Dini hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan, berpotensi hujan di Kabupaten Waykanan, Lampung Barat, dan Pesisir Barat.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

21 Atlet Esports Indonesia Tanding di SEA Games 2019

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa hari ke depan, kawasan Asia Tenggara akan menjadi perhatian masyarakat dunia dengan gelaran olahraga regional, yakni SEA Games 2019.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara olahraga se-Asia Tenggara kali akan menggelar cabang olahraga (cabor) baru nan kekinian, yaitu esports.

Ya, SEA Games 2019 yang merupakan multievent dua tahunan itu akan secara resmi mempertandingkan cabang esports.

Berbeda di Asian Games 2018 di mana esports masuk ke dalam cabor uji coba saja, perolehan medali yang didapat oleh kontingen atlet esports kali ini akan masuk hitungan skor akhir medali masing-masing negara.

Jelang gelaran SEA Games 2019 yang berlangsung mulai dari 30 November 2019 hingga 11 Desember 2019, IeSPA mengumumkan deretan atlet esports yang akan mewakili Indonesia bertanding di cabor esports.

Dari proses penyisihan, seleksi, dan bootcamp platnas yang digelar, akhirnya terpilih 21 atlet esports dan tim terbaik wakil Indonesia.

21 atlet tersebut akan bertanding di enam cabor esports yang terpilih, seperti Dota 2, Mobile Legends, StarCraft II, Arena of Valor, Tekken 7, dan Heartstone.

Mobile Legends

Untuk gim Mobile Legends (ML), timnas Tanah Air akan diwakili oleh pemain-pemain terbaik, baik di tingkat dunia ataupun Asia Tenggara.

Line-up timnas ML beranggotakan Gustian (Rekt), Muhammad Ridwan (Wann), Eko Julianto (Oura), Yurino Putra (Donkey), Teguh Iman Firdaus (Pyschoo), dan Andriand Larsen (Drian).

Adapun empat pemain yang mengisi slot pemain timnas Mobile Legends ini merupakan player EVOS Legends, tim esports yang berhasil menjuarai turnamen Mobile Legends World Championship 2019 (M1).

Dota 2

Di jajaran player timnas Dota 2 terdiri dari Tri Kuncoro (Jhocacm), Felix Rodeardo (Ifr1t), Muhammad Luthfi (Azur4), Fahmi Choirul (Huppey), dan Kevin Manuel Johan (Visery).

Berdasarkan komposisi pemain, timnas Dota 2 memang didominasi oleh pemain dari tim PG.BarracX, seperti Ifr1t, Azur4, Huppey, dan Visery.

Walau keempat pemain sudah terbiasa bermain bersama di dalam satu tim, kehadiran Jhocacm yang terkenal dengan gaya mainnya yang unik menjadikan pertandingan timnas ini layak dinanti.

Arena of Valor

Dari kategori Arena of Valor, tim EVOS Esports sudah membuktikan diri sebagai tim AoV terbaik di Tanah Air.

Beranggotakan Gilang Dwi Fallah (LLAF), Hartanto (Pokka), Hartawan Muliadi (Wyvorz), Satria Adi Wiratama (Wiraww), dan Farhan Akbari (Hanss), timnas Indonesia siap unjuk kemampuan terbaiknya di SEA Games 2019.

Tekken 7

Lebih lanjut, tiga kategori lain yang bakal dipertandingkan adalah Tekken 7, StarCraft II, dan Hearthstone.

Di Tekken 7 ada nama M. Adriyansyah Jusuf (Meat) yang siap mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2019.

StarCraft II dan Hearthstone

Sementara itu di StarCraft II, Emmanuel Enrique (Quantel) dan Dani Bondan Lukman (Deruziel) akan menjadi wakil Indonesia.

Lalu di kategori Hearthstone, masih belum ada pemain yang mampu memperlihatkan kemampuan setara atau mengungguli Hendry Koentarto (Jothree) dan Rama Ariangga (Douahou).

Bagaimana tidak, Jothree telah menorehkan kisah luar biasa sebagai atlet esports Indonesia yang meraih medali emas untuk Hearthstone di Asian Games 2018.

Nah, itu dia nama-nama 21 atlet esports Indonesia yang akan berlaga di ajang SEA Games 2019. Jangan lupa untuk selalu memberikan dukungan, tak hanya kepada para atlet esports saja, tetapi juga kepada timnas Indonesia lain yang akan berlaga di SEA Games 2019 di Filipina mendatang.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Malaysia Anggap Pengeroyokan Suporter Timnas Indonesia Sebagai Kasus Perampokan

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kepolisian Malaysia atau Polis Diraja Malaysia (PDRM) tengah mengusut pemukulan terhadap suporter Indonesia yang terjadi jelang pertandingan tim tuan rumah Malaysia melawan Indonesia pada babak penyisihan Zona Asia Pra Piala Dunia 2022. Pihaknya mengaku telah menerima satu laporan pemukulan atas nama Fuad Naji, Warga Negara Indonesia (WNI).

Lewat keterangan pers yang disebar melalui akun Facebook-nya, PDRM menyebutkan, insiden tersebut berlangsung di kawasan Bukit Bintang, Malaysia, 19 November pukul 02.00 dini hari. Korban kemudian melaporkan kejadian itu kepada polisi pada pukul 08.00 pagi. 

Pihak PDRM menyatakan, korban telah dipukul dan dirampok oleh sekumpulan pria sewaktu berada di Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Malaysia. Atas laporan ini, pihak kepolisian Malaysia telah melakukan penyelidikan berdasarkan seksyen 392/397 terkait tindak kekerasan.

"Berdasarkan penyelidikan awal, PDRM percaya insiden ini tidak berkaitan dengan pertandingan sepak bola Pra Piala Dunia antara Malaysia dan Indonesia yang berlangsung 19 November 2019 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur," bunyi pernyataan resmi PDRM.

"Kasus ini diklasifikasikan sebagai perampokan mengacu kepada laporan korban yang mengaku kehilangan paspor dan sejumlah uang dalam kejadian tersebut. Motif kejadian belum bisa dipastikan dan sampai kini PDRM masih mencari pelapor karena penyidik sulit mendapat keterangan dari yang bersangkutan," PDRM menambahkan pernyataannya.

Sebelumnya dua suporter Indonesia, menjadi korban pemulukan di kawasan Bukit Bintang jelang pertandingan Malaysia melawan Indonesia, 19 November lalu. Fuad dan Yovan yang berniat menyaksikan duel ini mengalami luka dan kehilangan barang berharga. 

Insiden mencuat setelah video pemukulan terhadap dua orang pemuda menyebar di media sosial. Dalam Video tersebut juga sempat dimunculkan paspor atas nama Fuad Naji. 

Korban lain, Yovan kemudian membenarkan bahwa korban yang divideo tersebut adalah dirinya dan Fuad. Mereka mengaku dikeroyok oleh suporter timnas Malaysia saat hendak pulang ke hotel. (Kesaksikan korban pengeroyokan bisa disimak di tautan ini). 

Minta Bantuan KBRI

Suporter Tim Garuda membentangkan syal jelang menyaksikan Indonesia melawan Thailand pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Indonesia kalah 0-3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

PDRM mengaku telah meminta agar pelapor dirawat usai membuat laporan kepada polisi. Namun menurut PDRM, Fuad dan rekannya yang menjadi korban pemukulan malam itu tidak bisa ditemui lagi. Polisi juga berusaha menemui pelapor di hotel, tapi sudah tidak ada lagi.  

"PDRM meminta pelapor dan rekannya yang menjadi korban dalam insiden itu segera bertemu dengan penyidik untuk melanjutkan penyelidikan. PDRM juga memohon bantuan KBRI agar menginformasikan hal ini kepada pelapor," bunyi pernyataan resmi PDRM. 

PDRM juga mengaku tengah mempelajari video terkait insiden ini, yang tengah beredar di media sosial beberapa waktu lalu. PDRM ingin mencari tahu penyebar dan pihak yang merekam kejadian tersebut. "Siapa saja yang punya informasi mengenai kejadian ini, kami harap bersedia untuk menemui PDRM untuk membantu dalam menyelidiki kejadian ini."

Menpora Malaysia Minta Maaf

Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, harus dievakuasi akibat kerusuhan saat sedang menonton laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq membantah telah terjadi pengeroyokan terhadap suporter Indonesia. Dia juga menganggap video pemukulan Fuad dan Yovan hoaks.

Namun kemudian, Saddiq meminta maaf kepada masyakarat Indonesia. Saddiq mengaku telah meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian dalam video tersebut. Saddiq juga meminta agar korban atau saksi muncul untuk membantu pihak kepolisian mengungkap kasus tersebut. (Simak permintaan maaf Saddiq pada tauan ini). 

Pemerintah Indonesia melalui kementerian pemuda dan olahraga telah melayangkan nota protes atas insiden ini dan menuntut permintaan maaf dari Malaysia. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alex Ferguson dan Ed Woodward Tampak Berdebat Saat MU Lawan Sheffield United

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Sheffield - Mantan pelatih Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson, dilaporkan terlibat perdebatan panas dengan CEO Setan Merah, Ed Woodward, sebelum hasil imbang 3-3 kontra Sheffield United di Bramall Lane, Sheffield, Minggu (24/11/2019).

MU tertinggal dua gol lebih dulu dari Sheffield United lewat gol John Fleck dan Lys Mousset. Tapi, pasukan Ole Gunnar Solskjaer membalas dengan tiga gol melalui Brandon Williams, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford.

Sayang, di menit akhir gawang MU kebobolan saat Oliver McBurnie menyamakan skor 3-3 untuk tuan rumah. Kemenangan Setan Merah yang sudah di depan mata pun buyar.

Selain pertandingan yang seru dengan drama enam gol, peristiwa lain yang mencuri perhatian di laga tersebut adalah pemandangan Ferguson dan Woodward saling berbicara di tribun sebelum kick-off.

Sejumlah foto memperlihatkan bagaimana Ferguson dan Ed Woodward menunjukkan ekspresi beragam saat berbicara. Dalam salah satu foto Woodward seperti tampak sedang marah, namun di foto lainnya keduanya terlihat tersenyum.

Biang Keladi

CEO Manchester United (MU), Ed Woodward. (MUTV)

Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai komunikasi keduanya setelah laga tersebut. Ferguson sendiri beberapa kali terlihat hadir dalam pertandingan Setan Merah.

Woodward belakangan dianggap sebagai biang keladi dari kebijakan transfer MU yang berantakan. Pria berusia 48 tahun itu dinilai hanya mementingkan bisnis ketimbang urusan sepak bola.

Peringkat Ke-9

Setelah hasil imbang kontra Sheffield United, MU sekarang menempati peringkat kesembilan klasemen sementara Liga Inggris. Marcus Rashford dan kawan-kawan baru mengoleksi 17 poin dari 13 pertandingan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teka-teki Tulisan di Lokasi Kematian Goo Hara, Berisi Surat Wasiat?

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Goo Hara meninggal dunia di usia yang sangat muda, 28 tahun. Penyebab kematiannya pun hingga kini masih terus diselidiki oleh pihak kepolisian Gangnam.

Informasi terbaru, polisi menemukan catatan di lokasi kematian Goo Hara. Melansir situs Koreaboo, Senin (25/11/2019) saat ini sedang diselidiki apakah itu merupakan surat wasiat atau bukan.

Polisi juga perlu menyelidiki catatan itu untuk mengkonfirmasi apakah Goo Hara yang menulisnya. Mereka menambahkan, ada bagian tertentu dari catatan itu yang masih bersifat ambigu.

Soal Autopsi

Goo Hara. (instagram/koohara__)

Lebih lanjut, polisi juga belum bisa memastikan apakah harus melakukan autopsi terhadap jenazah Goo Hara atau tidak. Informasi resminya akan diberi tahu kemudian.

Lokasi Kejadian

Goo Hara. (instagram/koohara__)

Seperti diberitakan sebelumnya, Goo Hara ditemukan meninggal di rumahnya di kawasan Cheongdam, Seoul, Korea Selatan, Minggu, 24 November sekitar pukul 18.00 waktu setempat.

 

Sempat Mencoba Bunuh Diri

Goo Hara sempat melakukan percobaan bunuh diri pada Mei 2019 lalu. Kala itu, aksi nekatnya berhasil digagalkan sang manajer.

Korban Bullying

Saat itu, ia mencoba mengakhiri hidup karena tertekan menghadapi masalah dengan mantan kekasihnya. Tak hanya itu, mantan anggota KARA ini juga kerap menjadi sasaran bullying sejumlah warganet.

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Taylor Swift hingga Camila Cabello Meriahkan Panggung AMA 2019

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Penampilan Camila Cabello saat membawakan lagu

Penampilan Camila Cabello saat membawakan lagu

Penyanyi Dua Lipa tampil di atas panggung American Music Awards 2019 Microsoft Theater di Los Angeles, California (24/11/2019). (Kevin Winter/Getty Images for dcp/AFP)

Penyanyi Dua Lipa tampil di atas panggung American Music Awards 2019 Microsoft Theater di Los Angeles, California (24/11/2019). (Kevin Winter/Getty Images for dcp/AFP)

Aksi panggung penyanyi Halsey membawakan lagu

Aksi panggung penyanyi Halsey membawakan lagu

Penampilan penyanyi Toni Braxton membawakan lagu

Penampilan penyanyi Toni Braxton membawakan lagu

Penampilan Christina Aguilera membawakan lagu

Penampilan Christina Aguilera membawakan lagu

Penyanyi Selena Gomez tampil di atas panggung American Music Awards 2019 Microsoft Theater di Los Angeles, California (24/11/2019). (AP Photo/Chris Pizzello)

Penyanyi Selena Gomez tampil di atas panggung American Music Awards 2019 Microsoft Theater di Los Angeles, California (24/11/2019). (AP Photo/Chris Pizzello)

Aksi panggung penyanyi Ciara membawakan lagu

Aksi panggung penyanyi Ciara membawakan lagu

Aksi panggung Lizzo membawakan lagu

Aksi panggung Lizzo membawakan lagu

Penampilan Camila Cabello dan Shawn Mendes membakan lagu

Penampilan Camila Cabello dan Shawn Mendes membakan lagu

Penampilan Kesha di atas panggung American Music Awards 2019 Microsoft Theater di Los Angeles, California (24/11/2019). (AP Photo/Chris Pizzello)

Penampilan Kesha di atas panggung American Music Awards 2019 Microsoft Theater di Los Angeles, California (24/11/2019). (AP Photo/Chris Pizzello)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Sistem Antrean Elektronik bagi Pasien JKN yang Butuh Pelayanan Khusus

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sistem antrean elektronik dapat memberikan kepastian waktu pelayanan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)--BPJS Kesehatan. Pasien tidak perlu mengantre lama untuk diperiksa.

Selain itu, ada juga manfaat lain yang bisa diperoleh, terutama pasien JKN yang membutuhkan pelayanan khusus.

"Tentunya, sistem antrean elektronik ini bisa juga lebih memastikan pasien JKN yang memang membutuhkan pelayanan khusus. Misal, bayi, lansia, dan pasien yang sangat membutuhkan pelayanan segera (darurat)," ucap Koordinator BPJS Watch Timboel Siregar melalui pesan singkat kepada Health Liputan6.com, ditulis Senin (25/11/2019).

"Ya, karena kelompok pasien ini dengan penyakitnya dapat didahulukan untuk diperiksa. Mengingat pasien-pasien khusus ini berbeda kondisinya dengan pasien JKN lainnya."

Cepat Peroleh Pemeriksaan

Ilustrasi – Loket khusus pasien BPJS PBI di RSUD Margono, Purwokerto. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Timboel menambahkan, sistem antrean elektronik akan lebih mempermudah pasien JKN mendapat pemeriksaan dokter. Hal ini juga membuat antrean lebih teratur dan rapi.

Komitmen sistem antrean elektronik dibangun oleh Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan BPJS Kesehatan demi meningkatkan kualitas layanan kepada pasien JKN.

"Upaya ini sesuatu hal yang baik. Tentunya, langkah ini kami dukung penuh. Kami terus mendorong agar tidak berhenti, tetapi juga harus ditingkatkan agar pelayanan kesehatan kepada pasien JKN di rumah sakit menjadi lebih bertambah baik lagi," Timboel menerangkan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Cerita Suporter Timnas yang Dikeroyok di Malaysia

Posted: 24 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sesmenpora menemui suporter Indonesia yang diduga menjadi korban pengeroyokan di Malaysia. Kemenpora resmi mengirim nota protes kepada Malaysia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amerika Kembali Tegur Turki Karena Belanja Senjata Rusia

Posted: 24 Nov 2019 08:52 PM PST

Liputan6.com, Ankara - Amerika Serikat (AS) kembali membahas kekesalan mereka atas aksi Turki yang belanja sistem pertahanan Rusia. Aksi Turki dinilai tak pantas mengingat negara itu merupakan anggota NATO yang notabene anti-Rusia.

Teguran dilayangkan oleh Senator James Risch yang menjabat sebagai Ketua Komite Hubungan Luar Negeri di Senat AS. Ia meminta agar Turki mulai bersikap selayaknya anggota NATO.

"NATO dibuat untuk menekan Rusia. Turki adalah anggota NATO dan mereka seharusnya bersikap seperti anggota NATO," tegas Risch seperti dikutip Global News.

Senjata yang dimaksud adalah sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia. Keputusan belanja itu sudah diumumkan sejak 2017. Aksi Turki pun memancing kecurigaan NATO.

Perkara rudal ini juga AS ogah menjual misi Patriot ke Turki. AS pun memberi sinyal akan menerapkan sanksi pada Turki sesuai hukum yang berlaku.

Sanksi tersebut mengarah pada ekspor-ekspor militer Rusia berdasarkan Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA) atau UU Melawan Musuh Amerika Melalui Sanksi yang disahkan pada tahun 2017.

Masalah jual-beli senjata ini berpotensi makin panjang, karena sebagai balasannya Senator Risch justru enggan mengizinkan pembelian lima pesawat tempur Lockheed-Martin F-35 ke Turki. Padahal, pesawat itu sudah siap kirim.

"Sebagai ketua dari Komite Hubungan Internasional, saya harus memberi izin semua senjata yang dikirim ke luar negeri. Saya memberitahuka mereka saya tidak mengizinkan F-35 selama dama rudal S-400 di dalam negara dan kendali Anda," ujar Risch.

Nasib Turki di NATO

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi keterangan saat menggelar pertemuan di Ankara, Turki (5/12). Karena kebijakan Trump soal Yerusalem, Erdogan akan memutus semua hubungan diplomatik dengan Israel. (Yasin Bulbul / Pool via AP)

Senator James Risch berkata Erdogan harus membuat keputusan terkait masalah pembelian senjata AS atau Rusia. Ia mengakui bahwa keputusan yang diambil akan berat.

"Ia harus mengambil keputusan yang berat. Ia adalah sosok yang tegas, tetapi ia harus membuat beberapa keputusan," ujar Risch.

Ketika ditanya apakah Turki harus tetap menjadi bagian NATO, Senator Risch mengaku akan terus memantau tindakan Turki sebelum situasi soal keanggotaan NATO menjadi soal serius.

NATO didirikan pada tahun 1949 oleh negara-negara Barat untuk melawan pengaruh Uni Soviet. AS selama ini menjadi penyokong dana terbesar NATO. Per tahun 2017, AS memberi anggaran setara 3,6 persen GDP bagi NATO.

Hal itu pun dikeluhkan oleh Presiden Donald Trump dan Mantan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis yang meminta Eropa menambah anggaran.

Hubungan Trump-Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara dalam menggelar pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Hassan Rouhani terkait perdamaian Suriah di Ankara, Turki, Rabu (4/4). (AFP PHOTO/ADEM ALTAN)

Di tengah prahara senjata, hubungan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan justru sedang mesra. Erdogan pun baru saja berkunjung ke Gedung Putih pada bulan November ini.

Erdogan tiba di AS bersama istrinya, Emine. Sementara Emine menghabiskan waktu bersama Melania Trump, suami mereka membahas senjata Rusia.

Presiden Trump dan Erdogan saling melemparkan pujian dalam pertemuan mereka. Donald Trump juga berkata Erdogan adalah sahabat baik dan keduanya berusaha mencari jalan keluar kasus senjata ini.

"Pembelian S-400 menciptakan tantangan serius bagi kami. Semoga kami bisa menyelesaikan situasi tersebut," ujar Trump seperti dikutip AP.

Politikus pro-Trump Senator Lindsey Graham mengatakan Turki adalah sahabat yang baik, akan tetapi pembelian sistem S-400 mengharuskan AS untuk memberikan sanksi.

"Turki telah menjadi sekutu dan anggota penting dari NATO. Saya berharap untuk meneruskan hubungan ini, tetapi hanya waktu yang bisa menjawab apakah itu mungkin dilakukan," ujar Graham.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Investasi, Jokowi Bertemu 10 CEO Perusahaan Kelas Kakap Korea Selatan

Posted: 24 Nov 2019 08:52 PM PST

Liputan6.com, Busan - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan 10 pemilik dan CEO perusahaan kakap Korea Selatan, Senin (25/11/2019). Pertemuan tersebut bertujuan untuk menggaet investor perusahaan tersebut masuk ke Indonesia.

Pertemuan dalam bentuk working lunch di Hotel Lotte Busan Korea Selatan pukul 12.00 waktu setempat. Adapun CEO 10 perusahaan besar yang bertemu Jokowi antara lain, President and CEO GS Global Kim Tae-Hyung, CEO LG International Yoon Chun Sang, President dan CEO DSME Lee Sung Geun, President Posco Chang In-Hwa.

Kemudian, Chairman CJ Group Sohn Kyung-Shik, Chairman and President KAXIM Bang Moon Kyu, Vice Chairman dan CEO Lotte Corp Hwang Kag Gyu, Vice Chairman dan CTO Doosan Group Lee Hyun-Soon, Vice Chairman dan CEO Hankook Tire and Technology Cho Hyun Shick, dan President and CEO SK E&C Ahn Jaehyun.

Sementara itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonimian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, hingga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Airlangga menyatakan bahwa Korea Selatan merupakan sumber investasi bagi Indonesia. Menurut dia, Indonesia pun sangat konsen untuk terus meningkatkan hubungan dengan Korea Selatan agar iklim investasi terjaga dengan baik.

"Kami menyampaikan terima kasih pada perusahaan-perusahaan Korea yang berencana menanamkan investasi di Indonesia," kata Airlangga membuka pertemuan.

 

Revisi Proses Perizinan

Sebelumnya, Jokowi telah berulang-ulang kali menyatakan bahwa pemerintah pusat akan merevisi sebanyak 74 peraturan perundang-undangan terkait proses perizinan investasi di dalam negeri.

Upaya ini dilakukan mengingat populasi kaum kelas menengah RI akan naik dua kali lipat di 2020, dari 70 juta menjadi 141 juta penduduk yang semakin kaya.

Dengan momentum revolusi konsumen, investasi global akan semakin menjalar dimana Indonesia akan kian menarik untuk kegiatan berinvestasi. Sebab itu, Jokowi berpesan, momentum ini perlu diwaspadai agar kemudian masyarakat Indonesialah yang bisa menikmati revolusi konsumen, bukan hanya investor asing.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wadirut Freeport Orias Petrus Moedak Diangkat Jadi Dirut Inalum

Posted: 24 Nov 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Wakil Direktur Utama PT Freeport Indonesia Orias Petrus Moedak untuk menjabat sebagai Direktur Utama Inalum, atau yang kini bernama MIND ID.

Hal ini dikonfirmasi oleh Orias usai menemui Erick Thohir di Kementerian BUMN, Senin (25/11/2019).

"Ya, tadi dikasih SK (Surat Keputusan) sebagai Direktur Utama (Dirut)," ujarnya singkat.

Dirinya menambahkan segera bekerja menjadi Dirut setelah menerima SK dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hari ini. SK tersebut diberikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Dalam bertugas, Orias berkata akan menjalankan amanah yang diberikan untuk memimpin Inalum.

"Ya, kita jalankan amanah, apa yang sudah ada dilanjutkan," imbuhnya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan, keputusan Erick Thohir memilih Orias adalah hal yang tepat, karena Orias dinilai memiliki track record yang baik.

"Ya, beliau orangnya lurus, track record baik selama di pertambangan, dan yang paling penting kata Pak Menteri, beliau akhlaknya baik," ujarnya.

Sebelumnya, posisi Direktur Utama Inalum memang kosong setelah ditinggal Budi Gunadi Sadikin yang menjadi Wakil Menteri BUMN.

Saksikan Videonya Di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: