Kamis, 28 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Gaya Rambut Ikonis Agnez Mo, dari Hitam Natural sampai Setengah Botak

Posted: 28 Nov 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Agnez Mo terbilang berani bereksperimen soal penampilan, mulai dari busana sampai gaya rambut. Dari remaja hingga kini, tak terhitung banyaknya potongan rambut yang dicoba.

Mengubah gaya rambut efektif membuat seseorang terlihat fresh dan berbeda. Segala potongan, yakni pendek, sedang, maupun panjang pernah ditampilkan Agnez selama berkarier.

Pada awal perjalanan karier, Agnez Mo dikenal dengan gaya natural. Rambut hitam lurusnya ditata biasa lewat kuncir kuda atau dikepang. Tapi, ia juga tak segan menggerainya di sekian banyak kesempatan.

Dengan potongan rambut oval sebahu, misalnya, wajah mantan penyanyi cilik itu terlihat lebih segar dan muda. Ia kerap terlihat bergaya rambut tersebut saat masih berusia di awal 20-an. 

Gaya rambut Agnez Mo. (dok. Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/BJ8SWcWgwng/Dinny Mutiah)

Masih dengan potongan rambut sebahu, Agnez tampil berbeda dengan rambut keriting. Ia juga mengubah warna rambutnya jadi blonde.

Gaya rambut tersebut khusus diciptakan penata rambut Guy Tang yang sering menangani para pesohor Hollywood, termasuk Mariah Carey. Diketahui, gaya rambut itu tampil di video klip single internasional perdana Agnez, Coke Bottle.

Gaya rambut Agnez Mo. (dok. Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/BQW_z9kl6bl/Dinny Mutiah)

Setelah memantapkan diri berkarier di Amerika Serikat, Agnez makin sering gonta-ganti gaya rambut. Salah satu gebrakannya adalah mewarnai rambut pendek jadi merah oranye pada 2017 lalu.

Warna tersebut terlihat cocok dengan warna kulit Agnez yang terang. Dengan poni pendek, tampilan Agnez Mo secara keseluruhan terlihat cerah.

Makin Berani

Gaya rambut Agnez Mo. (dok. Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/BbtJeLGjqri/Dinny Mutiah)

Tak lama ia mempertahankan gaya rambut tersebut, Agnez Mo segera memapas rambutnya hingga setengah botak. Ditambahi poni, ia terlihat sangat seksi sekaligus edgy.

Dengan potongan rambut tersebut, ia mencuri perhatian saat melayani wawancara di karpet merah American Music Award 2017. Saat itu, gaya rambutnya dipadankan dengan gaun putih dan anting chandelier.

Dengan gaya rambut itu, Agnez tampil di Vogue edisi Maret 2018. Ia cukup lama bertahan dengan potongan rambut tersebut hingga bereksperimen dengan warna, termasuk mengubahnya jadi cokelat gelap.

Gaya rambut Agnez Mo. (dok. Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/BvCfx2lh2NC/Dinny Mutiah)

Setelah setahun berlalu, Agnez memanjangkan rambutnya. Tak banyak hal aneh yang dilakukan melainkan hanya diwarnai jadi brunette.

Dengan potongan rambut tersebut, ia lebih memfokuskan pada gaya busana. Agnez kadang tampil kasual dengan kaus oblong, tetapi di lain kesempatan hadir dengan setelan formal saat menemui Presiden Joko Widodo, bahkan buat vlog bersama, pada Januari 2019.

Agnez Mo melontarkan pernyataan kontroversial saat tampil di Build Series pada 22 November 2019. (dok. Youtube Build Series/Dinny Mutiah)

Yang terbaru tentu saja cornrows, gaya rambut yang tercipta dengan bantuan tambahan rambut keriting panjang. Agnez pertama kali terlihat dengan gaya rambut tersebut jelang perayaan Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019 sekaligus mempromosikan album terbarunya, Diamond.

Tapi, ia tak menyebutnya sebagai cornrows. Saat itu, Agnez mengaitkannya dengan tradisi anyam rambut perempuan Papua. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Mazda2 Facelift Turun, Intip Spesifikasinya

Posted: 28 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mazda resmi meluncurkan Mazda2 facelift pekan lalu. Pembaruan meliputi eksterior dan juga beragam fitur. Mazda2 memiliki 2 varian, yaitu R dan GT dengan harga yang lebih terjangkau dibanding model terdahulu. Lantas, seperti apa spesifikasinya?

Keduanya sama-sama menggendong jantung mekanis Skyactiv-G 1,5 liter, yang menyemburkan tenaga puncak 108,7 Tk di putaran 6.000 rpm. Produksi torsinya juga mumpuni, 144 Nm yang keluar di 4.000 rpm. Transmisi otomatis 6-speed dengan fitur perpindahan manual siap mengantar output mesin ke roda depan (FWD). Dibekali tangki bahan bakar 44 liter, efisiensinya ditunjang fitur idling stop system (i-stop). Bila ingin mengemudi lebih dinamis, Mazda2 menyediakan mode driving Sport. Terlepas dari komponen ini, fitur lain varian R dan GT berbeda. Berikut detailnya.

Varian R

Opsi paling terjangkau kini dibanderol Rp 285,3 juta (OTR Jakarta). Harganya beda tipis dengan pesaingnya. Sebutlah Honda Jazz varian tertinggi, RS seharga Rp 286,6 juta. Walau begitu, fiturnya terbilang lengkap dan mewah. Wajahnya dipasangi sektor penerangan berteknologi LED, yang dapat diatur arah pencahayaannya secara otomatis. Mazda menambahkan grille baru lebih tegas beraksen kromium yang membentuk sayap. Bodi sampingnya diperkuat spion yang bisa diatur dan dilipat secara elektrik. Penampilannya disempurnakan pelek alumunium 15 inci terbungkus ban 185/65.

Fitur yang memudahkan pengguna tetap diaplikasikan. Misal teknologi keyless, yang mengizinkan pengemudi membuka atau menutup pintu tanpa anak kunci tradisional. Begitu pula ketika menyalakan atau mematikan mesin, tak perlu lagi prosesi memasukkan kunci, cukup tekan tombol start-stop di dasbor.

Interior Mazda2 tak banyak diotak-atik, tapi jok dirancang ulang agar pengguna tak merasa cepat lelah. Nuansa mewah seperti biasa terpancar kuat, akibat penggunaan material kulit yang melapisi kemudi dan tuas pengganti gigi. Khusus varian ini, bangkunya dikover material kain coklat. Pengaturan kemudi fleksibel berkat tilt dan teleskopik. Informasi terkait kendaraan juga jelas karena Multi Information Display (MID) dan tachometer digital.

MZD Connect

Rasa bosan pun diredakan fitur infotainment mumpuni. MZD Connect yang terpasang terdiri dari layar sentuh 7 inci TFT dengan 6 speaker. Ia dapat memutar radio dan hiburan lain yang berasal dari sambungan smartphone. Sambil menikmati alunan musik, seluruh penumpang bisa merasakan sejuknya embusan AC dengan climate control yang dipasang di depan.

Urusan perangkat pendukung keselamatan varian murah R tetap banyak. Mau parkir mundur tak jadi masalah karena ada kamera dan sensor belakang. Melaju di jalan berkelok atau licin juga terjamin. Soalnya, ia ditopang Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC) dan Traction Control (TCS). Lalu terjebak di tanjakan dan ingin melaju kembali juga dipastikan tidak menakutkan, sebab Hill Launch Assist (HLA) membantu pengemudi agar tak terburu-buru memindahkan kaki dari pedal rem ke akselerasi.

Terakhir komponen standar keselamatan yang rasanya aneh bila tak terpasang pada mobil masa kini. Kantung udara ganda dijejalkan dalam dasbor dan kemudi. Semua penumpang diberikan sabuk pengaman tiga titik, dengan fungsi pretensioner dan load limiter. Lalu ISOFIX dan tether untuk mengamankan kursi khusus anak.

Varian GT

Berbanderol Rp 302,8 juta atau selisih Rp 17,5 juta dari R, varian ini ditambahkan banyak fitur canggih. Area luar, misalnya, pencahayaan didukung auto on/off. Ketika mobil berjalan di tempat gelap seperti terowongan pada siang hari, lampu menyala otomatis. Ada juga Daytime Running Light (DRL) LED yang meningkatkan keselamatan berkendara. Sementara bingkai rodanya berukuran lebih besar, 16 inci dengan finishing high gloss baru.

Di dalamnya juga dibedakan dengan pelapis jok kain biru dan abu-abu. Kemudahan mengemudi seperti mencari informasi tentang mobil lebih canggih, karena ada Active Driving Display (ADD) yang terpasang di hadapan pengemudi dalam bentuk layar transparan. Walau begitu, tachometer yang dipakai analog, bukan digital seperti tipe R. Ini sebenarnya memberikan nuansa yang berbeda dari tampilan kabin.

Rasa seru mengemudi turut dioptimalkan oleh keberadaan paddle shift. Cara memindah gigi tak repot, cukup mainkan jari ke tuas yang terletak di balik kemudi. Selain itu, tersedia cruise control yang membuat pengemudi tak cepat lelah, terutama saat berkelana jauh. Terakhir fitur keselamatan i-Activsense yang terdiri dari Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross-Traffic Alert (RCTA). Ia memperingatkan pengguna bila ada kendaraan lain melintas saat mau berpindah jalur, atau keluar dari parkir. 

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK: Industri Keuangan Indonesia Masih Kuat Meski Diterjang Perang Dagang

Posted: 28 Nov 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Dewan Komisioner (RDK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan akhir Nopember 2019 dalam kondisi terjaga dengan intermediasi sektor jasa keuangan tetap tumbuh positif. Profil risiko industri jasa keuangan juga terpantau terkendali di tengah pelambatan ekonomi global.

Pelambatan pertumbuhan ekonomi global dan kondisi geopolitik, seperti trade war dan brexit masih menjadi sentimen utama yang mewarnai perkembangan pasar keuangan global.

"Sementara itu, kebijakan dovish oleh beberapa bank sentral negara maju berpengaruh positif terhadap likuiditas global, terutama emerging markets, termasuk Indonesia," kata Juru Bicara OJK, Sekar Putih Djarot, di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Pada Oktober 2019, yield SBN mengalami penguatan sebesar 25 basis poin yang disertai aliran dana investor nonresiden yang mencapai Rp 29,1 triliun. Dengan demikian sampai dengan 22 November 2019, secara year to date (ytd) aliran investor non-residen ke pasar SBN telah mencapai Rp 175,6 triliun diiringi dengan penguatan yield sebesar 98,5 bps.

Sementara itu, sampai akhir Oktober, pasar saham menguat sebesar 1 persen mtm menjadi 6.228,3. Penguatan ini ditopang oleh investor domestik mengingat investor nonresiden tercatat membukukan net sell sebesar Rp 3,8 triliun.

Namun, meningkatnya sentimen global di akhir minggu ke-3 November 2019, IHSG mencatatkan penurunan tipis ke level 6.100,2 dengan net buy investor nonresiden sebesar Rp 43,9 triliun ytd.

 

Intermediasi Perbankan

Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Secara umum, kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan data Oktober 2019 masih sejalan dengan perkembangan yang terjadi di perekonomian domestik. Kredit perbankan mencatat pertumbuhan positif sebesar 6,53 persen yoy, ditopang kredit investasi yang tetap tumbuh double digit di level 11,2 persen yoy.

Piutang pembiayaan Perusahaan Pembiayaan juga masih tumbuh stabil di level 3,5 persen yoy.

Dari sisi penghimpunan dana, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tumbuh sebesar 6,29 persen yoy. Selain itu, sepanjang Januari sampai Oktober 2019, asuransi jiwa dan asuransi umum/reasuransi berhasil menghimpun premi masing-masing sebesar Rp 152,4 triliun dan Rp 82,2 triliun.

Sampai dengan 26 November 2019, penghimpunan dana melalui pasar modal telah mencapai Rp 155 triliun, serupa dengan level penghimpunan dana pada 2018. Adapun jumlah emiten baru pada periode tersebut sebanyak 48 perusahaan dengan pipeline penawaran sebanyak 61 emiten dengan total indikasi penawaran sebesar Rp 22,8 triliun.

Di tengah pertumbuhan intermediasi lembaga jasa keuangan, posisi Oktober profil risiko masih terkendali. Rasio NPL terpantau meningkat tipis menjadi sebesar 2,73 persen (NPL net: 1,21 persen), namun masih jauh di bawah threshold.

Rasio NPF bahkan mencatatkan penurunan dari bulan sebelumnya di level 2,5 persen (NPF net 0,44 persen). Risiko nilai tukar perbankan berada pada level yang rendah, dengan rasio Posisi Devisa Neto (PDN) sebesar 1,52 persen, jauh di bawah ambang batas ketentuan.

"Likuiditas dan permodalan perbankan berada pada level yang memadai. Liquidity coverage ratio dan rasio alat likuid/non-core deposit masing-masing sebesar 199,14 persen dan 87,83 persen, jauh di atas threshold," lanjut dia.

 

Permodalan

Ilustrasi OJK

Permodalan lembaga jasa keuangan terjaga stabil pada level yang tinggi. Capital Adequacy Ratio perbankan sebesar 23,54 persen. Sejalan dengan itu, Risk-Based Capital industri asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing sebesar 705 persen dan 329 persen, jauh di atas ambang batas ketentuan.

OJK akan selalu memantau perkembangan ekonomi global dan berupaya memitigasi dampak kondisi yang unfavourable terhadap kinerja sektor jasa keuangan domestik terutama mengenai profil risiko likuiditas dan risiko kredit.

"OJK akan terus berkoordinasi dengan para stakeholder guna memitigasiketidakpastian eksternal, menjaga kontribusi sektor jasa keuangan dalam perekonomian nasional serta menjaga stabilitas sistem keuangan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alami Batuk Selama 2 Bulan, Pria Ini Tidak Sadar Lintah Bersarang di Tubuhnya

Posted: 28 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jika mengalami batuk yang tak kunjung sembuh, ada baiknya kaMU memeriksakan diri ke dokter. Jangan sampai kamu mengalami apa yang dialami seorang pria dari Tiongkok ini.

Belum lama ini Rumah Sakit Distrik Wuping di kota Longyan, Provinsi Fujian, Tiongkok, menerima pasien yang batuk terus-menerus selama dua bulan terakhir.

Dikutip dari Oddity Central, Jumat (29/11/2019), awalnya pasien itu khawatir dengan kesehatannya setelah batuk yang dideritanya tak kunjung sembuh bahkan hingga disertai dengan darah. Merasa ngeri, pria yang tak disebutkan identitasnya ini lantas memeriksakan diri ke dokter.

Dokter lalu melakukan CT scan pada pria pria tersebut. Namun, anehnya tak menemukan penyakit apapun. Dokter pun memutuskan melakukan prosedur bronkoskopi untuk memeriksa tenggorokan dan hidung pasien dengan kamera kecil.

Betapa kagetnya ketika dokter menemukan dua lintah di tubuh pria tersebut. Lintah pertama menempel sekitar tiga sentimeter di bawah glotis, yaitu bagian laring tempat pita suara berada. Sedangkan lintah kedua berada di lubang hidung sebelah kanan.

Kemungkinan dari Air Mentah yang Diminum

Ilustrasi lintah (iStock)

Ketika ditanya, pria tersebut mengaku tak mengetahui bagaimana bisa lintah-lintah tersebut masuk ke dalam tubuhnya. Namun, dokter menduga bahwa lintah-lintah tersebut masuk ke tubuh pria tersebut ketika dirinya meminum air mentah dari sungai yang ada di gunung.

"Ketika dia minum air di sungai, kemungkinan lintah-lintah itu masih sangat kecil dan tidak terdeteksi oleh mata telanjang. Dalam satu atau dua bulan terakhir lintah-lintah itu kemudian tumbuh dengan menyedot darah pasien," kata dr Rao Guanyong.

Dokter pun memutuskan membius pria tersebut untuk mengeluarkan lintah-lintah itu. Dengan menggunakan bantuan kamera mini, dokter kemudian mengeluarkan lintah-lintah itu dengan pinset.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GMNI Surabaya: Tantangan Lebih Adaptif Terhadap Perkembangan Zaman

Posted: 28 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Surabaya, Aldian menyampaikan, organisasi saat ini menghadapi tantangan untuk lebih adaptif terhadap perkembangan zaman.

"Sesuai konsepsi Pantha Rhei, maka GMNI akan adaptif terhadap persaingan global serta perkembangan teknologi," ujarnya ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Jumat pagi.

GMNI melaksanakan Kongres XXI di Ambon mulai 28 November 2019-2 Desember 2019 dengan salah satu agendanya adalah regenerasi kepemimpinan nasional.

Dia menuturkan, kerja kolaboratif antarkomponen dan eksponen marhaenis baik dari Gen-Z hingga Gen-X atau baby boomers mampu menghadapi perguliran zaman dari Revolusi Industri 4.0 ke era Society 5.0.

"Bahkan di era Gig Economy saat ini, kader, senior bahkan alumni GMNI lebih memiliki karakter dan mental kuat karena pendidikan berbasis ideologi yang ditanamkan sejak kaderisasi tingkat dasar," tutur dia.

Mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya tersebut optimistis melihat geliat milenial di GMNI, termasuk animo berkontestasi untuk menjadi GMNI-1 yang terlihat dalam adu konsep, gagasan dan dialektika para calon.

Kongres GMNI 2019 mengangkat tema tentang Kemaritiman dengan subtema mempertegas posisi kedaulatan maritim untuk kepentingan nasional berbasis kepulauan berdasarkan Pancasila.

GMNI merupakan organisasi mahasiswa nirlaba lahir pada Maret 1954, dengan kontribusi alumni terhadap pengawalan NKRI telah nyata, karena banyak yang duduk pada posisi strategis di pemerintahan maupun oposisi konstruktif di luar pemerintahan sebagai profesional, politisi, teknokrat dan birokrat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simpel dan Kecil, 7 Tas Mewah Luna Maya Ini Harganya Bikin Melongo

Posted: 28 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta film Indonesia tentunya sudah tak asing dengan sosok Luna Maya. Wanita kelahiran Denpasar, Bali 26 Agustus 1983 ini mengawali kariernya sebagai model pada 1999. Kini Luna Maya telah menjelma sebagai salah satu bintang papan atas di dunia hiburan Tanah Air.

Selain itu, mantan kekasih Reino Barack ini dikenal sebagai artis multitalenta. Tak hanya berakting ia juga terjun ke dunia tarik suara dan bisnis. Menjadi artis sukses di Tanah Air, Luna Maya selalu dekat dengan kesan glamor dan mahal.

Berkat kerja kerasnya mengumpulkan pundi-pundi rupiah, tak heran jika di berbagai kesempatan ia selalu tampil menarik dan fashionable. Gaya penampilan Luna Maya yang modis tersebut tentunya ditunjang dengan barang-barang brandednya.

Salah satu barang mewah yang menjadi pusat perhatian adalah tas. Meski terlihat simple dan tidak terlalu besar, diketahui harga koleksi tas wanita 36 tahun ini mencapai puluhan hingga ratusan juta. Penasaran berapa saja harganya? Berikut koleksi tas Luna Maya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (29/11/2019).

1. Koleksi tas Hermes milik Luna Maya ini harganya ditaksir Rp 467 juta.

Luna Maya (Sumber: Instagram/@fashion.lunamaya)

2. Simpel dan tidak terlalu besar, koleksi tas milik wanita 36 tahun ini harganya dibanderol Rp 64 juta.

Luna Maya (Sumber: Instagram/@fashion.lunamaya)

3. Warna yang tidak mencolok, tas milik Luna Maya ini harganya sekitar Rp 366 juta.

Luna Maya (Sumber: Instagram/@fashion.lunamaya)

4. Penampilan Luna Maya terlihat menawan saat mengenakan tas kecil warna hitam. Harga tas miliknya ditaksir Rp 927 juta.

5. Luna Maya terlihat fashionable dengan baju dan tas yang senada. Harga tasnya sekitar Rp 300 juta.

Luna Maya (Sumber: Instagram/@fashion.lunamaya)

6. Luna Maya kerap mengenakan tas simpel dan kecil. Meski begitu harga tasnya mencapai Rp 27 juta.

Luna Maya (Sumber: Instagram/@fashion.lunamaya)

7. Luna Maya tampil anggun dengan dress dan tas berwarna silver. Harga koleksi tasnya tersebut ditaksir Rp 61 juta.

Luna Maya (Sumber: Instagram/@fashion.lunamaya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Terlibat Video Mesum, Camat di Wonogiri Dipecat

Posted: 28 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Wonogiri - Warga Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, geger dengan beredarnya video mesum yang diduga melibatkan sosok Camat Karangtengah, S (50), dengan seorang wanita yang bukan istrinya.

Wartawan Solopos, melaporkan berdasarkan keterangan yang dihimpun di lapangan, Kamis (28/11/2019), video mesum itu awalnya muncul di status Whatsapp (WA) sang camat pada 22 November 2019 lalu.

Video mesum berdurasi 1 menit 24 detik itu terpasang selama sekitar 30 menit di status WA camat bersangkutan.

Diduga, sang camat tak sengaja memasang video itu di status WA-nya dan baru sadar setelah dihubungi oleh rekan sesama camat.

Tokoh masyarakat di Karangtengah, Anor Sudibyo, menguraikan dalam video itu jelas menampakkan wajah camat bersama seorang perempuan berinisial Si, pemilik salah satu salon di Karangtengah.

"Dalam video itu tampak lokasinya berada di sebuah kamar dan terdengar suara televisi," jelasnya, Kamis, 28 November 2019.

Munculnya video mesum itu membuat geger sehingga ratusan warga sempat berniat menggeruduk kantor kecamatan Karangtengah, tetapi hal itu bisa diredam.

Anor pun melaporkan kasus video mesum itu ke pihak kepolisian karena dinilai telah meresahkan masyarakat.

Sementara itu, saat Solopos.com berupaya menghubungi S untuk mengonfirmasikan kasus video mesum itu, nomornya tidak bisa dihubungi.

Pada bagian lain, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Haryono, saat ditemui di ruang kerjanya di Kompleks Setda Wonogiri, Kamis, menyatakan Bupati Wonogiri sudah mencopot S dari jabatan Camat Karangtengah per 26 November 2019 karena yang bersangkutan diduga kuat melanggar kode etik Aparat Sipil Negara (ASN).

"Untuk menghindari polemik berkepanjangan di Karangtengah, Pak Bupati telah mencopot Camat Karangtengah dan menggantinya dengan Plt," ungkap Haryono.

 

Baca berita menarik lainnya di Solopos.com.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Korban Jiwa, BNPB Segera Luncurkan Keluarga Tangguh Bencana

Posted: 28 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Demi mengurangi korban jiwa, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan program Keluarga Tangguh Bencana (Katana). Program ini bakal dilakukan di Pasie Jantang, Kecamatan Lhong, Aceh Besar, Provinsi Aceh pada Sabtu, (7/12/2019) mendatang. 

Katana sebagai bentuk penguatan kapasitas keluarga Indonesia dalam menghadapi ancaman bencana. Pengambilan fokus 'keluarga' merupakan bagian terkecil dari penanggulangan bencana kegiatan Desa Tangguh Bencana yang sukses digelar pada 12 Juli hingga 14 Agustus 2019 di Pesisir Selatan Pulau Jawa.

 

"Dalam konteks bencana, keluarga menjadi fokus inti. Diharapkan upaya peningkatan ketangguhan bencana dan ketahanan terhadap bencana, Katana menjadi penting dan dikembangkan serta diterapkan terus menerus," jelas Kepala BNPB Doni Monardo melalui keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (29/11/2019).

Konsep program Katana menggunakan tiga tahapan. Hal ini sebagai syarat peningkatan kapasitas dan ketangguhan keluarga dengan masing-masing indikator keberhasilannya.

Tahap pertama, Sadar-Risiko Bencana. Pada tahap ini, setiap keluarga diberikan pemahaman mengenai kesadaran dan risiko bencana di lingkungan rumahnya. Keberhasilan dari indikator bisa diperoleh dari seluruh peran keluarga dalam menyadari kondisi tempat tinggal sendiri.

Kemampuan Selamatkan Diri

Bencana banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada 20 November 2019. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Tahap kedua, Penguatan Pengetahuan. Tahapan ini terbagi menjadi tiga pilar. Pilar pertama, memahami infrastruktur rumah. Kedua, memahami manajemen bencana di sekitar rumah dengan indikator keberhasilan.

"Berupa kemampuan dan pengetahuan anggota keluarga mengenali jalur dan tempat evakuasi serta rencana-rencana tindak lanjut. Pilar ketiga, edukasi bencana yang memiliki indikator keberhasilan terkait pengetahuan anggota keluarga tentang bagaimana cara menyelamatkan diri," Doni melanjutkan.

Tahap ketiga Katana, Berdaya. Ini menyasar kemampuan menyelamatkan diri sendiri, keluarga, tetangga, dan orang lain. Indikator keberhasilan pada tahap ini berupa kemampuan keluarga melakukan simulasi evakuasi mandiri. 

"Simulasi evakuasi mandiri diharapkan bisa dilakukan dua kali setiap tahunnya, yaitu 26 April (Hari Kesiapsiagaan Bencana) dan 26 Desember (Hari Peringatan Tsunami Aceh)," tambah Doni.

Kerjasama Kementerian/Lembaga

Bencana banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada 20 November 2019. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Doni menyampaikan, upaya menyukseskan seluruh program Katana, BNPB menggandeng sejumlah kementerian/lembaga, seperti Kementerian Dalam Negeri dengan program PKK, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dengan program Dana Desa.

Kemudian menggandeng BKKBN dengan program KB, Kementerian Sosial dengan program Keluarga Harapan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan program Pendidikan Keluarga.

Ada juga Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan program Pusat Pembelajaran Keluarga dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Badan Riset Inovasi Nasional.

Selain itu, BNPB akan menjalin mitra dengan Badan Zakat Nasional (Baznas), Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Lembaga Penanggulangan Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari), Humanitarian Forum Indonesia (HFI), Save the Children, dan Organisasi Keagamaan (FBO).

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019 Pekan ke-30: Kans Bali United Meraih Gelar Juara

Posted: 28 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan oleh Indosiar akan memasuki pekan ke-30. Sejumlah laga seru dan menarik bakal tersaji di pekan ini.

Salah satunya laga Semen Padang kontra Bali United di Stadion Haji Agus Salim. Laga ini bisa menjadi penentu bagi Bali United untuk meraih mahkota juara Shopee Liga 1 2019. Jika merebut tiga angka, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu dipastikan menjadi kampiun.

Pekan ke-30 Shopee Liga 1 2019 juga bakal menyajikan derby ibu kota, yakni Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta. Kedua tim saat ini tengah dalam performa bagus.

Bhayangkara FC mencatat empat kemenangan dan sekali imbang dalam lima pertandingan terakhir. Sementara Persija merebut tiga kemenangan dan dua imbang.

Simak jadwal lengkap Shopee Liga 1 2019 pekan ke-30.

 

Jadwal Shopee Liga 1 2019 Pekan ke-30

Shopee Liga 1 2019 Logo Klub (Bola.com/Adreanus Titus)

Minggu, 1 Desember 2019

18:30 WIB, Arema FC vs Kalteng Putra

Senin, 2 Desember 2019

15:30 WIB, PSM Makassar vs Borneo FC

16:00 WIB, Semen Padang vs Bali United 18:30 WIB, TIRA-Persikabo vs Barito Putera

18:30 WIB, Madura United vs Persebaya Surabaya

 

 

Jadwal Selanjutnya

Selasa, 3 Desember 2019

15:30 WIB, PSS Sleman vs Badak Lampung

18:30 WIB, Persib Bandung vs Persela Lamongan

Rabu, 4 Desember 2019

15:30 WIB, Persipura vs PSIS Semarang

18:30 WIB, Bhayangkara FC Persija

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPhone Pro 2020 Cuma Akan Pakai Panel OLED Samsung?

Posted: 28 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan berhasil meyakinkan Apple untuk menggunakan panel OLED Y- OCTA miliknya. Jika semua berjalan sesuai rencana, Apple diprediksi akan menggunakan panel OLED tersebut untuk iPhone Pro 2020.

Dilansir GSM Arena, Jumat (29/11/2019), teknologi Y-OCTA menggunakan on-cell touch sensing, sehingga tidak membutuhkan lapisan sentuh sensitif terpisah. Hal ini membuat panel layar lebih tipis dan murah bagi manufaktur.

Menurut laporan, Samsung adalah satu-satunya perusahaan yang bisa memproduksi massal panel semacam itu sesuai yang dibutuhkan Apple. Pada tahun lalu, iPhone 2019 disebut akan menggunakan panel tersebut, tapi kemudian gagal dilakukan.

Hasil produksi disebut menjadi alasan kesepakatan tidak tercapai pada tahun lalu. Apple dilaporkan mundur karena tidak puas dengan hasilnya.

Adapun Apple diprediksi merilis lebih dari dua varian iPhone pada tahun depan. Di luar varian Pro, Apple akah menghadirkan iPhone SE dengan layar LCD 4,7 inci, dan iPhone 12 dengan OLEd 6,1 inci

Tidak seperti varian Pro, iPhone 12 akan menggunakan panel OLED dari Samsung dan LG. Sementara iPhone 12 Pro diprediksi hanya akan menggunakan panel OLED dari Samsung.

Ini Harga Resmi iPhone 11 di Indonesia

Tiga kamera belakang iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

Lebih lanjut, Apple terus memperluas penjualan seri iPhone 11 ke berbagai negara termasuk Indonesia. Apple menggandeng distributor Erajaya Group di Indonesia untuk memasarkan smartphone tersebut.

Erajaya Group telah memastikan akan mulai menjual seri iPhone 11 mulai 6 Desember 2019 melalui jaringan ritel Erajaya. Harga jual seri iPhone 11 di Indonesia dimulai dari Rp 12.999.000.

"PT Teletama Artha Mandiri (TAM), anak usaha Erajaya Group menyatakan bahwa iPhone 11 dan iPhone 11 Pro akan tersedia di Indonesia mulai 6 Desember 2019 dan terdiri dari beberapa varian dan harga," kata Director Marketing and Communication Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo, dalam keterangan resminya, Jumat (22/11/2019).

Berikut harga jual iPhone 11 di jaringan ritel Erajaya:

- iPhone 11 64GB : Rp 12.999.000

- iPhone 11 128GB : Rp 14.199.000

- iPhone 11 256GB : Rp 16.199.000

- iPhone 11 Pro 64GB : Rp 18.499.000

- iPhone 11 Pro 256GB : Rp 21.799.000

- iPhone 11 Pro 512GB : Rp 25.799.000

- iPhone 11 Pro Max 64GB : Rp 19.999.000

- iPhone 11 Pro Max 256GB : Rp 23.699.000

- iPhone 11 Pro Max 512GB : Rp 27.499.000

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hari ke-5, Pelanggar Jalur Sepeda Berkurang

Posted: 28 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pengendara yang masuk ke jalur sepeda di kawasan Tomang, Jakarta Barat terus berkuran. Jika sebelumnya jumlahnya puluhan, kini tinggal 2 pelanggar saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hutama Karya Bakal Bangun Kawasan Industri di Tol Pekanbaru-Dumai

Posted: 28 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) atau HK selaku pengelola Tol Pekanbaru-Dumai memaparkan strategi agar tetap memperoleh laba. Untuk diketahui, lalu lintas harian rata-rata (LHR) ruas tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera ini dipandang tidak layak secara bisnis.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan menjelaskan, perusahaan akan mengembangkan value capture dan value creation dari Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

"Value capture dengan memanfaatkan kesempatan bisnis untuk menghasilkan keuntungan yang mendukung pembiayaan pembangunan (JTTS) Jalan Tol Trans Sumatera selanjutnya, dan value creation untuk melaksanakan pengusahaan JTTS agar menghasilkan manfaat semaksimal mungkin bagi masyarakat dan pengguna JTTS," terangnya, Jumat (29/11/2019).

Nantinya setelah tol Pekanbaru-Dumai ini jadi, Hutama Karya juga akan mengembangkan kawasan industri, residensial atau pemukiman, pariwisata, dan mix-use area.

"Hadirnya Tol Pekanbaru-Dumai juga akan membuka lapangan kerja dan konektivitas baru disini. Hutama Karya saat ini masuk ke dalam 3 besar Investor di Riau, sehingga kami ingin memastikan bahwa investasi yang kami lakukan di sini akan memberikan manfaat tidak hanya bagi perusahaan, namun juga bagi masyarakat di Provinsi Riau," tuturnya.

 

Kemajuan Pembangunan

Presiden Joko Widodo memantau pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru di Jalan Padang Bypass Km. 25, Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat , (9/2). Pembangunan jalan tol ini akan tuntas pada tahun 2023. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Berdasarkan laporan Hutama Karya, keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai ternyata disambut baik oleh asosiasi pengusaha. Tol ini dipandang akan berdampak pada pergerakan ekonomi dan mempermudah arus pergadagan karena dumai akan menjadi pintu masuk bagi 48 persen pedagang dunia melalui Selat Malaka.

Seluruh stakeholder mendukung penuh dan berharap bahwa jalan tol ini dapat cepat selesai dan beroperasi sesegera mungkin.

Hingga hari ini, Hutama Karya tengah membangun 469,5 km Jalan Tol Trans Sumatera, dengan 179 km Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi penuh. 

Tol yang sudah beroperasi tersebut yakni ruas Bakauheni-Terbanggi besar sepanjang 140 km, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km, ruas Medan-Binjai sepanjang 17 km, dan ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22 km.

Sedangkan progress tol yang sudah terbangun namun belum beroperasi adalah ruas Sigli-Banda Aceh sepanjang 14 km dan ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 87,5 km.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DAY6 Mendarat di Jakarta, Disambut Heboh Penggemar

Posted: 28 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta DAY6 telah menginjakkan kaki di Jakarta, Kamis (28/11/2019). Seperti diketahui, kedatangan Young K dkk adalah untuk menggelar konser selama dua hari di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

DAY6 tiba di bandara internasional Soekarno Hatta pada Kamis (28/11/2019) malam. Kedatangan band asuhan JYP Entertainment ini langsung disambut antusias oleh My Day (fans DAY6).

Sesekali para personel DAY6 tampak mengulas senyum membalas sapaan My Day Indonesia. Seperti yang dilakukan Wonpil kepada salah satu penggemar yang memanggil namanya. 

Disambut Heboh

Day6 (Twitter/ day6official)

"Okay here we are..... This is the video when Wonpil notice me, and he throws a smile to me. I was shouting his name alot bcs he's that close.....Am I still alive????? When he's smiling I cant breathe?" tulis ykbassists di Twitter.

Dijaga

Day6 (Twitter/ calista_sthd)

Demi menjaga kenyamanan dan ketertiban, pasukan keamanan berseragam biru dikerahkan. Mereka membuat pagar betis mendampingi kelima personel DAY6 dari terminal kedatangan menuju mobil.

Sebelum konser, DAY6 sendiri dijadwalkan bakal melakukan sesi exclusive interview bersama Showbiz Liputan6.com. Jadi, pastikan My Day tak ketinggalan update terbaru beritanya!

Dua Hari

Konser DAY6 di Tanah Air akan dilangsungkan selama dua hari yaitu 30 November - 1 Desember 2019 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

Kota ke-15

Rangkaian konser DAY6 WORLD TOUR 'GRAVITY' sendiri diawali di Seoul, Korea Selatan pada Agustus 2019. Jakarta menjadi kota ke-15 yang mereka singgahi. Setelah Jakarta, mereka akan singgah ke Bangkok, Thailand.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu Retno Ungkap Prestasi Sri Mulyani dan Puan Maharani ke Wanita Afghanistan

Posted: 28 Nov 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membuka dialog bersama para wanita Afghanistan dengan tema The Role of Women in Building and Sustaining Peace: Women as Agent of Peace and Prosperity. Ia menekankan bahwa proses perdamaian dan kesejahteraan suatu negara akan sulit terjadi tanpa partisipasi wanita.

Dalam pidato pembukaan, Retno Marsudi mengatakan bahwa wanita Afghanistan merupakan aktor penting dalam membuka peluang perdamaian di negara tersebut. Kehadiran perempuan sebagai mediator dan negosiator juga amat penting. Indonesia pun siap untuk mendampingi wanita Afghanistan dalam memaksimalkan perannya menyuarakan perdamaian.

"Indonesia ingin berontribusi pada tugas terhormat itu. Melalui dialog ini, Indonseia ingin menyimak dari sudut pandang kalian mengenai keadaan dan tantangan di sekitar isu perempuan di Afghanistan. Indonesia ada di sini untuk kalian, siap untuk mendengarkan," ujar Retno Marsudi di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Ia menyebut Indonesia memiliki pengalaman unik terkait urusan wanita, sehingga bersama-sama kedua negara diharapkan bisa melahirkan sebuah solusi jangka panjang terkait perdamaian Afghanistan.

Retno pun mencontohkan beberapa capaian Indonesia pada bidang kewanitaan, seperti Megawati Soekarnoputri sebagai presiden wanita pertama, lalu putrinya Puan Maharani sebagai ketua DPR wanita pertama, dan juga Retno sebagai Menlu pertempuan pertama.

"Untuk pertama kalinya Ketua DPR kita adalah politikus wanita. Menteri keuangan kami juga seorang perempuan, dan saya sendiri adalah menlu perempuan pertama di Indonesia," ucap Retno.

Dialog tersebut juga dihadiri Plt. Menteri Informasi dan Kebudayaan Afghanistan Hasina Safi dan aktivis perdamaian Yenny Wahid.

Retno berkata amat penting untuk mengembangkan rasa perdamaian dan toleransi. Faktor budaya perdamaian itulah yang dinilai Retno penting dalam mencekal terjadinya kekerasan. Hal itu bisa dicapai dengan pendidikan yang dimulai dari rumah. Wanita pun berperan dalam menanamkan nilai-nilai tersebut ke  anak-anak.

Retno juga mendorong adanya affirmative action ke kehidupan wanita di Afghanistan maupun Indonesia, salah satunya dalam pemberdayaan ekonomi. Ia menekankan bahwa perdamaian bisa dicapai suatu negara jika mau berinvestasi pada pemberdayaan perempuan.

"Jika kita ingin berinvestasi pada perdamaian, maka kita harus berinvestasi pada wanita," tegas Retno.

Turut hadir di pertemuan itu adalah Plt. Menteri Informasi dan Kebudayaan Afghanistan Hasina Safi. Ia menyebut situasi Afghanistan kini sudah berkembang pesat di bidang pendidikan dan makin banyak perempuan yang muncul di berbagai sektor pekerjaan.

"Kita memiliki banyak dokter wanita, kita memiliki banyak insinyur wanita, kita punya jurnalis perempuan, kita punya wanita di media, kita punya pembuat film wanita, jadi di banyak isu kita sangatlah bagus," ujar Hasina.

Kembali Kunjungi Afganistan

Menlu Retno Marsudi di acara dialog perdamaian dengan wanita Afganistan. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Retno pun membagikan empat elemen penting yang bisa mengoptimalkan peran wanita di dalam masyarakat, yakni pendidikan, dukungan keluarga, dukungan masyarakat, dan dukungan pemerintah lewat tindakan dan kebijakan afirmatif.

"Pendidikan akan membantu kita memahami hak dan kewajiban, dan pendidikan itu juga akan mengempower cara pandang dan pikir kita," ujar Retno.

Terkait dukungan keluarga, Retno mengambil contoh dari kasus yang ia alami sendiri, yakni mendapat dukungan dari suaminya yang seorang arsitek, dan dari kedua putranya yang kini tinggal di Singapura dan Inggris.

Menurut Retno amat penting bagi wanita untuk menyadari pentingnya pola pikir women empower other women, akan tetapi ia berharap kaum pria dan wanita bisa kompak mendukung pemberdayaan wanita.

"Saya mengatakan bahwa dukungan kaum pria juga penting, tetapi kita sebagai perempuan kita juga harus aktif meng-empower other women," jelas Retno.

Ia pun berharap dialog dengan wanita Afganistan ini tidak akan selesai di sini. Menlu Retno berjanji akan mengunjungi Afganistan di awal tahun 2020 sebagai bentuk follow up hasil diskusi ini secara riil.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sidak Pelayanan BPJS di RSUD Subang

Posted: 28 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan inspeksi mendadak (sidak) saat kunjungan kerja Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019). Sidak dilakukan pukul 09.15 WIB di RSUD Subang.  

Jokowi mengunjungi salah satu ruang perawatan kelas 3, yakni Ruang Asoka. Dia pun berbincang dengan pasien yang sedang dirawat. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, melalui sidak ini, Jokowi ingin mengetahui langsung pelayanan BPJS Kesehatan. 

"Presiden ingin memastikan pelayanan BPJS berjalan dengan baik," kata Bey.

Jokowi didampingi oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Direktur RSUD Ahmad Sopyan, dan Wadir Pelayanan dr Ahmad Nasuhi pada sidak tersebut. 

Usai sidak selama sekitar 40 menit, Jokowi meninggalkan rumah sakit pukul 09.55 WIB untuk bertolak menuju Pelabuhan Patimban.

Jokowi mengatakan, dalam sidak tersebut hampir 90 persen pasien yang ditemuinya menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Dari jumlah tersebut, menurut mantan gubernur DKI Jakarta ini, sekitar 70 persen merupakan masyarakat penerima bantuan iuran (PBI), dan 20 persen sisanya merupakan peserta mandiri. 

"Sama seperti yang di Lampung, kurang lebih angkanya hampir-hampir sama. Artinya apa? Artinya memang masyarakat memanfaatkan kartu BPJS itu dalam rangka pelayanan kesehatan yang diberikan di rumah sakit," kata Jokowi di Pelabuhan Patimban.

BPJS Harus Mengendalikan Defisit

Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak (sidak) dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Subang. (Foto: Merdeka)

Jokowi menjelaskan bahwa yang paling penting dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan adalah dengan memperbaiki BPJS itu sendiri, bukan di rumah sakit atau pemegang kartunya.

Menurutnya, BPJS harus mampu mengendalikan defisit, terutama mengingat pemerintah sudah mengeluarkan anggaran yang besar. 

"Ada 133 juta (orang) yang di-cover oleh pemerintah dari kartu BPJS yang gratis, 96 juta (orang) oleh pemerintah pusat dan sisanya itu pemerintah daerah. Gede banget ini. Jadi kenaikan BPJS itu yang 133 juta itu artinya di-cover oleh APBN dan APBD. Itu yang harus menjadi catatan," katanya.

 

Reporter: Titin Supriatin 

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Timnas Indonesia U-22 Permalukan Singapura

Posted: 28 Nov 2019 09:34 PM PST

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, bersiap melepaskan tendangan ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, bersiap melepaskan tendangan ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, sujud syukur usai mengalahkan Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, sujud syukur usai mengalahkan Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bek Timnas Indonesia U-22, Dodi Alekvan Djin, mengontrol bola saat melawan Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bek Timnas Indonesia U-22, Dodi Alekvan Djin, mengontrol bola saat melawan Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Egy Maulana, bersitegang dengan pemain Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Egy Maulana, bersitegang dengan pemain Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, bersama Osvaldo Haay merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsa

Pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, bersama Osvaldo Haay merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Singapura U-22 dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11/2019). Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengapa Harus Punya Emas Untuk Simpanan Jangka Panjang?

Posted: 28 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Emas adalah salah satu instrumen keuangan yang selalu menjadi primadona. Menyimpan dalam bentuk Emas terbukti efektif karena nilai Emas terlindung dari inflasi. Sehingga, Emas sering diberikan secara turun temurun sebagai warisan.

Belakangan kesadaran akan pentingnya menabung Emas makin tumbuh dikalangan masyarakat. Sejumlah uang mulai disisihkan untuk menabung Emas dalam bentuk logam mulia. Nantinya Emas tersebut dapat uangkan saat Anda membutuhkannya.

Lalu mengapa Anda harus punya Emas untuk simpanan jangka panjang? Alasannya sederhana, Emas nilainya cenderung menguat dalam jangka panjang. Lebih dari itu, Emas bersifat likuid atau mudah untuk diuangkan, sehingga menyimpan Emas dapat memberikan imbal hasil yang lebih untuk kita.

Menurut Gold World Council, permintaan Emas di Indonesia pada tahun 2018 mencapa 64,1 metrik ton dan menduduki peringkat kedelapan dalam permintaan Emas terbesar di dunia. Hal ini membuktikan bahwa semangat masyarakat Indonesia pada emas sebagai simpanan meningkat, sekali pun harga mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Sejak awal tahun 2019 hingga 11 September 2019, harga Emas mengalami kenaikan sebesar 16%. Bayangkan, apabila Anda mulai simpan Emas sejak awal tahun, maka Anda bisa mulai mendapatkan nilai lebih dari simpanan Emas Anda.

Kini semakin banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan emas untuk melindungi kondisi finansial jangka panjang. Selain itu, masyarakat bisa menggunakan Emas sebagai simpanan jangka panjang untuk berbagai kebutuhan finansial mereka.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, ada berbagai cara untuk mempunyai simpanan secara digital, salah satunya Treasury. Treasury adalah platform untuk beli, simpan dan jual Emas batangan serta perhiasan secara online.

Treasury platform untuk beli, simpan dan jual emas batangan serta perhiasan secara online.

Treasury memberikan kemudahan bagi pengguna nya untuk #PunyaSimpenan Emas. Melalui Treasury, pengguna bisa mulai membeli Emas dari Rp 20.000 (sebelum pajak). Di Treasury, pengguna bisa mendapatkan harga Emas terbaik karena Treasury memperbaharui harga Emas setiap menit.

Menyimpan Emas di Treasury juga dijamin keamanannya karena Treasury memiliki cadangan Emas di UBS. Selain itu, #PunyaSimpenan Emas di Treasury juga gratis biaya simpan sehingga memberikan kemudahan dan keuntungan lebih bagi pengguna.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games Filipina, Siaran Langsung TVRI

Posted: 28 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 mencetak dua kemenangan penting di dua laga awal di cabor sepak bola SEA Games 2019 di Filifina. Setelah sebelumnya mengalahkan Thailand 2-0, Kamis (28/11), tim asuhan Indra Sjafri ini kembali mendulang kemenangan dengan skor serupa saat berhadapan dengan Singapura di laga kedua Grup B.

Di pertandingan ketiga Grup B, giliran Vietnam yang akan jadi lawan Timnas Indonesia U-22. Jelas, mereka bukan lawan mudah, bahkan bisa dibilang yang terkuat di Grup B.

Buktinya, di dua laga awal, Vietnam sukses menang besar saat menghajar Brunei Darusalam (6-0) dan Laos (6-1).

Namun begitu, peluang Timnas Indonesia U-22 tetap terbuka. Jika bisa mempertahankan performa terbaik, bukan tak mungkin kemenangan ada di tangan sekaligus mengamankan tiket ke semifinal.

Berikut selengkapnya jadwal Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2019 yang akan disiarkan langsung oleh TVRI dan RCTI.

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games

Selebrasi Timnas Indonesia U-22 setelah Osvaldo Haay mencetak gol kemenangan 2-1 atas Thailand di final Piala AFF U-22 2019, Selasa (26/2/2019). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

1 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia U-22 (Stadion Rizal Memorial), RCTI dan TVRI

3 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam (Stadion Binan), RCTI dan TVRI

5 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Laos (Stadion Rizal Memorial), RCTI dan TVRI

Klasemen Grup B

Sea Games 2019 - Klasemen Sepak Bola - Matchday 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Saksikan Video Timnas Indonesia U-22 di SEA Games di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumen Tak Perlu Buru-Buru Pindah ke 5G, Ini Alasannya

Posted: 28 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi jaringan 5G hingga saat ini masih terus digaungkan untuk kebutuhan industri. Hal itu beralasan sebab dengan internet super cepat dan low latency, kebutuhan industri berbasis otomasi atau kecerdasan buatan dapat dioptimalkan.

Lantas, bagaimana dengan manfaat 5G untuk kebutuhan konsumen biasa? Direktur Penjualan Telkomsel, Ririn Widaryani, mengatakan ada beberapa hal yang dapat dimanfaatkan konsumen biasa dengan 5G, seperti hiburan video atau pengalaman bermain gim lebih mumpuni.

"Selain itu, dengan 5G, kualitas video call jauh lebih baik, tidak ada delay, real time. Kalau sekarang real time dengan 4G kan masih suka delay," tuturnya saat ditemui usai uji coba 5G Telkomsel di Batam, Kamis (28/11/2019).

Kendati demikian, Ririn mengatakan konsumen tidak perlu terburu-buru mengadopsi 5G apabila memang nanti sudah hadir. Dia mengatakan perlu proses, terutama dari ekosistem, sebelum akhirnya konsumen beralih ke 5G.

"Sebenarnya, kalau pemakaian sekarang ini, cukup pakai 4G. Namun untuk segmen khusus seperti esports memang membutuhkan low latency, jadi perlu 5G. Makanya, kami berangkat dari industri dulu, sebab paling pas untuk komunikasi machine to machine," tuturnya menjelaskan.

 

Telkomsel Uji Coba Jaringan 5G

Untuk informasi, Telkomsel memang baru saja menggelar uji coba jaringan teknologi 5G untuk kali kedua. Sebelumnya, operator yang identik dengan warna merah tersebut melakukannya saat ajang Asian Games 2018.

Adapun uji coba kali ini dilakukan di Batam, Kepulauan Riau. Dalam uji coba ini, Telkomsel menunjukkan sejumlah kemampuan teknologi jaringan 5G untuk mendukung kebutuhan industri.

"Uji coba kali ini dilakukan dalam sejumlah kasus untuk menunjukkan hal yang mungkin dilakukan pada industri berbasis artificial intelligence," tutur Acting CEO Telkomsel, Heri Supriadi, saat konferensi pers.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elnusa Petrofin Dapat Pinjaman Modal Rp 100 Miliar dari Bank BTPN

Posted: 28 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Elnusa Petrofin dan PT Bank BTPN Tbk menandatangani fasilitas bilateral pendanaan jangka pendek atau revolving loan atau trade facility senilai Rp 100 miliar. Fasilitas kredit ini untuk pinjaman modal kerja, invoice financing, Letter of Credit, Acceptance dan Trust Receipt dengan jangka waktu fasilitas pinjaman selama 12 bulan.

Direktur Keuangan dan Administrasi Elnusa Petrofin Aditya Dewobroto menjelaskan, fasilitas pendanaan ini merupakan bagian dari roadmap jangka panjang strategi pendanaan Elnusa Petrofin. 

Dalam rencana bisnis, Elnusa Petrofin akan mengkombinasikan pendanaan dalam beberapa instrumen baik bank maupun debt capital market. 

"Langkah ini untuk memperkuat struktur modal perusahaan dan mendukung pembiayaan capital expenditure untuk pertumbuhan Elnusa Petrofin ke depan," jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (29/11/2019).

Sebelumnya Elnusa Petrofin berinvestasi dengan mengambil alih kepemilikan dan pengelolaan Depot LPG di Amurang Sulawesi Utara pada pertengahan tahun ini.

Pengambilalihan depot ini selain untuk membangun kekuatan bisnis, efektif dan efisien dalam dalam melayani serta merta memenuhi kebutuhan LPG Masyarakat juga akan menopang kinerja Elnusa Petrofin secara konsolidasi dalam menghadapi kompleksitas bisnis hilir migas dimasa mendatang.

 

Dukungan

Aditya pun berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan Bank BTPN untuk terus mendukung pertumbuhan Elnusa Petrofin.

"Fasilitas ini akan semakin memperkuat struktur permodalan Elnusa Petrofin yang sangat diperlukan dalam fase agressive growth seperti saat ini," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bentrok Warga di Buton Tengah, Rumah Dibakar Massa

Posted: 28 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bentrokan pecah antara warga di dua desa Buton Tengah hari Kamis (28/11). Sejumlah rumah dibakar dan seorang warga tewas dalam peristiwa ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

21 Bridges Beraksi di Bioskop, Ini 5 Fakta Menariknya

Posted: 28 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selalu ada film baru di bioskop setiap Jumat. Jumat (29/11/2019), ada film teranyar Chadwick Boseman, 21 Bridges. Film 21 Bridges mengisahkan detektif Andre Davis, yang diperankan Chadwick Boseman.

Andre Davis melacak kasus perampokan 50 kg kokaina di sebuah rumah makan yang menewaskan 8 polisi. Untuk mencari titik terang kasus ini, Andre Davis berkolaborasi dengan salah satu personal Badan Narkotika Nasional, Frankie Burns (Sienna Miller).

Film 21 Bridges gagal memuncaki tangga box office AS gara-gara dominasi Frozen 2. Direspons beragam oleh kritikus film, 21 Bridges tetap mampu menemukan penontonnya.

Penasaran dengan film 21 Bridges? Kali ini Showbiz Liputan6.com mengumpulkan 5 fakta menarik seputar 21 Bridges dari berbagai sumber. Selamat menyimak dan selamat menonton.

1. Awalnya Berjudul 17 Bridges

Film 21 Bridges. (Foto: Dok. IMDb/ STX Films)

Awalnya film ini diberi judul 17 Bridges, kemudian diganti menjadi 21 Bridges. Pergantian judul merujuk pada 21 jembatan di Manhattan, AS, yang ditutup detektif NYPD untuk melacak tersangka pembunuh polisi.

Proyek layar lebar 21 Bridges kali pertama diumumkan ke publik pada 11 Juli 2018. Kala itu, Chadwick Boseman ditetapkan sebagai pemeran utama. Begitu pula sineas Brian Kirk didapuk jadi sutradara. Sejumlah nama kondang seperti J.K. Simmons, Sienna Miller, dan Taylor Kitsch baru bergabung dua bulan kemudian.

2. Reuni Para Bintang Film Marvel

Chadwick Boseman dalam film 21 Bridges. (Foto: Dok. IMDb/ STX Films)

Chadwick Boseman dan Keith David pernah mengisi peran Black Panther. Seperti diketahui, Chadwick Boseman tampil di film live-action 2018 yang meraih 3 Piala Oscar serta meraup pendapatan kotor 1,3 miliar dolar AS (sekitar 18,85 triliun rupiah). Keith David mengisi suara T'Challa di serial animasi Fantastic Four.

Menariknya, 21 Bridges diperkuat 3 aktor yang pernah membintangi film-film dari komik Marvel yakni Chadwick Boseman (Black Panther), JK Simmons sebagai Jonah Jameson di trilogi Spider-Man, dan Taylor Kitsch sebagai Gambit di X-Men Origins: Wolverine.

3. Kembalinya Brian Kirk

Salah satu adegan film 21 Bridges. (Foto: Dok. IMDb/ STX Films)

Anthony dan Joe Russo, sutradara Avengers: Infinity War serta Avengers: Endgame memperkuat lini produser 21 Bridges. Di sisi lain, film ini menandai kembalinya Brian Kirk mengarahkan film panjang.

Terakhir, sineas kelahiran Irlandia Utara ini memproduksi layar lebar pada 2006 via film Middletown. Setelah itu, Brian Kirk lebih sering mengarahkan serial televisi populer, seperti The Tudors, Dexter, Luthor, Broadwalk Empire, Great Expectations, dan yang paling hit, Game of Thrones.

4. Peringatan Untuk Chadwick Boseman

Chadwick Boseman. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Film 21 Bridges mengisahkan pengejaran dua penjahat oleh Andre Davis. Chadwick Boseman mengatakan, semua orang berlari di lokasi syuting.

"Saya beri tahu Anda, agen saya sampai memperingatkan, '(Sesekali) kamu perlu film yang enggak banyak aksinya.' Saya bilang, 21 Bridges bukan film full action. Level aksinya tak seheboh Avengers. Meski ujungnya tetap menyuguhkan baku tembak. Intinya ini film soal pengejaran dan pelarian. Para pemain saling dukung," ujar Chadwick ketika diwawancara Forbes, pekan lalu.

5. Meleset di Tangga Box Office

Chadwick Boseman dan Sienna Miller dalam 21 Bridges. (Foto: Dok. IMDb/ STX Films)

Per 27 November 2019, 21 Bridges membukukan pendapatan kotor 12,6 juta dolar AS di kawasan Amerika Utara. Film ini memanen 2,7 juta dolar AS di sejumlah negara lain. Pendapatan total film ini, 15,3 juta dolar AS. Padahal biaya produksi mencapai 33 juta dolar AS.

Dirilis berbareng dengan A Beautiful Day in the Neighborhood dan Frozen 2, 21 Bridges diproyeksikan meraup 10 sampai 12 juta dolar AS pada opening weekend. Sayang, proyeksi ini meleset. Berada di posisi ke-4 di tangga box office, 21 Bridges hanya mengantongi uang 9,3 juta dolar AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Kadis PUPR Terkait Suap Proyek di Kabupaten Bengkayang

Posted: 28 Nov 2019 09:29 PM PST

Kepala Dinas PUPR nonaktif Bengkayang, Alexius (kanan) tiba menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Alexius diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat Tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas PUPR nonaktif Bengkayang, Alexius (kanan) tiba menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Alexius diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat Tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas PUPR nonaktif Bengkayang, Alexius (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Alexius diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat Tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas PUPR nonaktif Bengkayang, Alexius (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Alexius diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat Tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas PUPR nonaktif Bengkayang, Alexius (kanan) tiba menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Alexius diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat Tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Dinas PUPR nonaktif Bengkayang, Alexius (kanan) tiba menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Alexius diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat Tahun 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Mandiri Sebut Jakarta Tak Steril untuk Lomba Lari

Posted: 28 Nov 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) siap mendukung penyelenggaraan loba lari di Indonesia. Namun dukungan tersebut tidak untuk lomba yang diadakan di Jakarta. Alasannya, Bank Mandiri melihat Jakarta tidak layak untuk perlombaan lari.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Nafas mengatakan, Bank Mandiri ‎telah 10 tahun mendukung lomba lari marathon di Jakarta. Namun dua tahun belakangan lomba lari tersebut beralih keluar Jakarta.

‎"Bank Mandiri bergelut berkecimpung di marathon dari 10 tahun lalu di Jakarta Marathon, tapi dua tahun lalu kami memilih untuk keluar dari Jakarta," kata Rohan, dalam acara Press Confrence Mandiri Nusa Dua International Run 2019, di GS8 Longe, Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Menurut Rohan, Jakarta tidak cocok untuk acara perlombaan lari. Sebab jalan untuk komba dinilai terlalu padat untuk dijadikan lintasan lari. Bahkan di beberapa ruas jalan dipandang sulit untuk bisa steril.

"Karena enggak pernah steril, engga bisa untuk lomba lari, apalagi yang taraf internasional," ujarnya.

Rohan mengungka‎pkan, Bank Mandiri sudah beberapakali mendukung lomba lari di luar Jakarta. Ia mencontohkan seperti Prambanan Marathon, Banyuwangi Marathon dan lomba lari di Nusa Dua Bali. Daerah-daerah tersebut memiliki jalan yang baik untuk menjadi lintasan lari.

Dia pun mengincar wilayah lain, seperti Mandalika Lombok dan Labuan Bajo. Menurut Rohan, kedua lokasi tersebut memungkinkan untuk menyelenggarakan perhelatan lomba lari.

‎"Kita ada di Prambanan Marathon lewat sawah. Banyuwangi Marathon lewat daerah wisata. Di Banyuwangi jalannya steril. Ada juga Bali Nusa Dua. Saya mengincar di Mandalika dan ke depannya Labuan Bajo," paparnya.

 

Gelaran di Bali

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rohan menambahkan, Bank Mandiri bersama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) akan menggelar lomba lari dengan jarak 5 kilometer (km) dan 10 km di Nusa Dua, Bali pada 15 Desember 2019.

Bank Mandiri pun memberikan promo diskon sebesar 30 persen, untuk pembayaran biaya pendaftaran yang menggunaan kartu kredit Bank Mandiri.

Adapun biaya pendaftaran untuk lomba lari tersebut adalah Rp 375 ribu untuk jarak lari 10 Km sedangkan untuk 5 Km sebesar Rp 275 ribu‎.

‎"Kita memberikan diskon 30 persen bagi pendaftar menggunakan kartu kredit Mandiri," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Bupati Nonaktif Bengkayang dalam Pemeriksaan Lanjutan di KPK

Posted: 28 Nov 2019 09:14 PM PST

Tersangka kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Suryadman Gidot tiba di gedung KPK untuk pemeriksaan, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Bupati nonaktif Bengkayang itu diperiksa dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Suryadman Gidot tiba di gedung KPK untuk pemeriksaan, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Bupati nonaktif Bengkayang itu diperiksa dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Suryadman Gidot bersiap menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Bupati nonaktif Bengkayang itu diperiksa dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Suryadman Gidot bersiap menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Bupati nonaktif Bengkayang itu diperiksa dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Suryadman Gidot tiba di gedung KPK untuk pemeriksaan, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Bupati nonaktif Bengkayang itu diperiksa dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Suryadman Gidot tiba di gedung KPK untuk pemeriksaan, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Bupati nonaktif Bengkayang itu diperiksa dalam kasus dugaan suap proyek pekerjaan di Pemkab Bengkayang, Kalimantan Barat. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rencana UN Dihapus, Anggota DPR Sebut Banyak Persoalan yang Perlu Dipikirkan

Posted: 28 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berencana menghapus sistem ujian nasional (UN). Meski masih dikaji, namun DPR menilai bahwa rencana penghapusan UN itu justru dapat menjadi 'hantu' bagi pendidikan di Tanah Air. 

Hal tersebut dikatakan Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Gerindra, Ali Zamroni dalam Acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang diselenggarakan di Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Kamis (28/11).

Menurut Ali Zamroni, selain rencana penghapusan UN, masih banyak permasalahan pendidikan yang harus mendikbud kejar dan prioritaskan. Contohnya soal kesejahteraan guru, nasib guru honorer, akses pendidikan, mutu kualitas pendidikan yang merata dan lain sebagainya.

Menjadikan isu penghapusan UN, menurut Ali Zamroni, justru menjadi pokok urusan yang harus dikejar. Jadi tidak bisa isu itu menjadi sesuatu hal yang ingin main praktis saja.

"Sudahlah mendikbud fokus saja urus pendidikan jangan caper terus," cetus Ali Zamroni yang juga Wakil Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten.

Kalau hanya ingin menghapus UN, kata Ali Zamroni memang hal yang mudah. Namun mendikbud juga harus memberikan beberapa kajian alternatif.

Misalkan uji kompetensi siswa diberbagai bidang contohnya siswa berprestasi dibidang olahraga tolok ukurnya bagaimana, berprestasi dibidang matematika tolok ukurnya seperti apa.

"Buat sekolah menjadi rumah yang mengasyikan bagi siswa, jangan hanya yang bersifat reguler saja, berangkat pagi pulang siang dan seterusnya," tambahnya.

Ali juga menyoroti mengenai gebrakan di dunia pendidikan. Menurutnya belum ada gebrakan yang signifikan di Kemendikbud yang dipimpin Nadiem saat ini.

"Jangan kemendikbud seperti gajah yang super besar yang sulit bergerak dan tidak lincah. Saat ini gebrakan mendikbud dalam bidang pendidikan sangat ditunggu oleh masyarakat, terutama bagaimana upaya Menteri Nadiem dalam menghadirkan pendidikan yang murah dan berkualitas," tutupnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim KLHK Temui Peneliti Telur Tercemar Dioksin di Sidoarjo

Posted: 28 Nov 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sudah bertemu dengan peneliti yang menemukan ada senyawa berbahaya dioksin dalam sampel telur di Desa Tropodo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

"Ini sebagai informasi awal, kemarin teman-teman saya, direktur (KLHK), juga sudah bertemu penelitinya waktu di Swiss dan saya sudah minta sama mereka secara mendetail. Metode dan sampelnya juga akan kita uji," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya ketika ditemui usai memberikan penghargaan kepada kelompok tani dan tokoh hutan sosial di Kantor KLHK di Jakarta pada Kamis, 28 November 2019, demikian mengutip Antara.

Sebelumnya, penelitian dari International Pollutants Elimination Network (IPEN) menemukan ada senyawa berbahaya dioksin dalam sampel telur di Desa Tropodo, Sidoarjo, di Jawa Timur.

Menurut penelitian IPEN, kandungan yang ditemukan di Tropodo itu 70 kali lebih tinggi dari standar keselamatan yang ditetapkan oleh badan kesehatan pangan Eropa yaitu European Food Safety Authority (EFSA).

Kandungan itu, menurut penelitian IPEN, merupakan yang tertinggi kedua di Asia setelah temuan di Vietnam yang merupakan hasil paparan senjata kimia agen oranye yang digunakan Amerika Serikat saat perang Vietnam pada 1960-an.

Menurut Siti, penelitian yang menghebohkan dan meresahkan masyarakat seperti yang dikeluarkan oleh IPEN harus dibelah secara rinci metode yang digunakannya untuk mendapatkan hasil tersebut.

Langkah penegakan hukum (gakum) juga akan dilakukan oleh KLHK mengenai permasalahan tersebut terkait impor sampah, menurut Menteri Siti.

"Arahnya akan ke sana. Saya sudah minta (Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3) Ibu Vivien mulai memberikan peringatan-peringatan sebab pilihannya adalah lakukan re-ekspor atau dia akan kena gakum," tegas Menteri Siti.

Berdasarkan penelitian tersebut, kandungan beracun itu paling parah ditemukan di dekat pabrik-pabrik tahu yang membakar plastik sebagai bahan bakar di desa Tropodo, Sidoarjo.

Padahal, jika dikonsumsi dalam jangka panjang maka dioksin dapat menyebabkan penyakit kanker, merusak sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sudah meminta masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan hal tersebut karena sudah ada standarisasi untuk produksi telur di Jawa Timur. 

Kadinkes Jatim Imbau Warga Tak Khawatir Isu Telur Ayam Mengandung Dioksin

ilustrasi telur rebus/Photo by Outsource Photo on Unsplash

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Kohar Hari Santoso menilai jumlah ambang batas aman zat dioksin tak bisa dipukul rata. Ia pun mengimbau masyarakat agar tak terlalu khawatir akan isu telur ayam mengandung salah satu bahan kimia terlarang dan berbahaya.

"Telur mengandung bahan kimia ini bisa jadi disebabkan oleh pembakaran sampah plastik yang kurang sempurna sehingga menyebabkan zat keluar bernama dioksin," ujar kohar, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 21 November 2019.

Dioksin secara kimiawi bernama TCC. Zat dioksin juga bisa ada di makanan dalam jumlah rendah dan banyak. Kohar menyatakan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan jumlah ambang batas manusia boleh mengonsumsi zat dioksin.

"Jadi tidak bisa dipukul rata, ayam ini dekat sampah, ada dioksin.Harus dilihat dalam kadar dioksinnya berapa. Yang harus dilihat lebih lanjut adalah ayamnya. Ternyata telur yang mengandung dioksin dari ayam lepasan. Beda masalahnya jika ayam peternakan yang memang untuk sentra produksi telur. Mereka sudah diperiksa dan aman," tutur Kohar.

Ia mengakui, dioksin yang dikonsumsi dalam kadar cukup tinggi bisa berpengaruh pada kesehatan. Pengaruhnya mulai kelainan di kulit, bisa menyebabkan keluhan pada lapisan dalam rahim wanita, menyebabkan nyeri dan bahkan kanker.

"Tapi jangan terlalu beropini, harus dilihat kandungan berapa sesuai yang ditetapkan WHO. Karena zat dioksin tidak hanya dari plastik tapi juga dari gas pencemaran udara," ujar dia.

Untuk pengobatannya, Kohar menuturkan tergantung penyakit yang diderita setelah mengonsumsi makanan mengandung zat dioksin. Jika di kulit, perlu pengobatan di kulit.

"Kalau kanker, tergantung jenis kankernya juga. Dioksin banyak di makanan berlemak. Karena karakter dioksin senang lemak tapi tidak senang air," ujar dia.

Mengenai pencegahan agar tak makan makanan mengandung dioksin, Kohar menyarankan tidak mengonsumsi telur secara berlebihan.

"Karena terlalu banyak mengonsumsi telur tidak bagus. Kemudian harus memperhatikan kualitas makanan. Kadar paling tinggi zat dioksin bisa dari daging yang berlemak," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PPPA Beri Penghargaan Polri Atas Penanganan Kasus Kekerasan Anak

Posted: 28 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawanti memberikan penghargaan terhadap Kapolri Jenderal Idham Azis. Penghargaan juga diberikan kepada 21 penyidik Siber.

Penghargaan yang diberikan itu dalam acara Malam Pengukuhan Jambore Nasional Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sebagai Kader Masyarakat Indonesia Bersama Lindungi Anak (Kami Berlian).

Dalam acara ini, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen A. Rachmad Wibowo menerima penghargaan yang sekaligus mewakili Kapolri yang sedang berada di Papua.

Selain itu, penghargaan juga diberikan terhadap Dir Reskrimsus, Wadir, Kasubdit dan Penyidik Siber pada Dit Tipidsiber Bareskrim Polri dan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Khususnya yang menangani kasus kekerasan dan eksploitasi yang melibatkan anak sebagai korban maupun pelaku di media online," kata Dir Tipid Siber Bareskrim Polri Brigjen A. Rachmad Wibowo dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Ia menjelaskan, pemberian penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi Menteri PPPA terhadap kinerja Polri yang telah bersinergi dengan Kementrian PPPA dan keberhasilan mengungkap beberapa kasus kekerasan dan eksploitasi.

"Melibatkan anak sebagai korban maupun pelaku di media online dengan mengimplementasikan Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) seperti yang telah dilakukan oleh Unit Siber pada Dittipidsiber Bareskrim Polri yang dipimpin oleh AKBP Rita Wulandari Wibowo," jelasnya.

Cegah Kekerasan Anak

Konsep PATBM adalah gerakan yang diinisiasi oleh Kementrian PPPA dengan mengajak semua unsur masyarakat untuk menyelesaikan masalah kekerasan anak baik secara fisik, psikis maupun seksual. Caranya dengan menerapkan pelindungan anak, mencegah kekerasan terhadap anak dan menanggapi dengan penanganan segera kekerasan yang terjadi terhadap anak.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Ketua Komisi VIII DPR RI , H. Yandri Susanto dan 560 orang pegiat pelindungan anak dari 34 provinsi yang telah menjalankan program kegiatan PATBM sejak tiga tahun yang lalu di 764 desa di seluruh Indonesia serta pejabat Kementrian PPPA.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tweet Gerindra Tolak Larangan LGBT Daftar PNS Tuai Polemik

Posted: 28 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Akun resmi Twitter Gerindra @gerindra memicu polemik usai menuliskan protes atas kebijakan Kejaksaan Agung yang menolak LGBT ikut CPNS.

"Yang terhormat @KejaksaanRI, kami tidak setuju dengan keputusan penolakan Kejaksaan Agung terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan orientasi seksual LGBT. #SuaraGerindra," tulis akun @Gerindra, Kamis, 28 November 2019. 

Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco menyebut admin @gerindra hanya ingin menyatakan bahwa semua WNI berhak mendaftarkan menjadi CPNS.

"Kami sudah tanya (admin) bahwa tidak ada maksud kecuali mereka ini ingin menyatakan bahwa semua pihak itu mempunyai hak yang sama di muka hukum sehingga kemudian timbulah cuitan twitter itu," kata Sufmi di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (29/11/2019).

Namun, dia menegaskan sikap Gerindra tegas menolak LGBT.

"Namun, biar gimanapun perilaku LGBT, Partai Gerindra dengan tegas menolak. Nah adapun soal cuitan Twitter tersebut, karena mereka kurang spesifik menyampaikan twit dan maksud dan tujuan sehingga mendapatkan persepsi yang salah," ucapnya.

Muncul Persepsi yang Salah

Sufmi Dasco Ahmad akan menggantikan Fadli Zon menjadi Wakil Ketua DPR RI dari Partai Gerindra. (Merdeka.com)

Munculnya persepsi yang salah dari cuitan itu, menurut Dasco tidak hanya semata kesalahan admin melainkan juga pimpinan partai.

"Kesalahan kami sebagai pimpinan yang karena kesibukan sehari-hari, kadang kami kurang kontrol. Terutama saya, kurang kontrol. Dan kami akan perbaiki di kemudian hari supaya semua lebih terkendali dan kemudian tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan," kata Sufmi. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Sporty Brisia Jodie saat Pakai Sneakers, Keren Banget

Posted: 28 Nov 2019 09:05 PM PST

Lewat ajang Indoensian Idol, sosok Brisia Jodie semakin mencuat di publik. Ia pun kini kerap mengisi acaa-acara di televisi dengan penampilan memukau di atas panggung. (Liputan6.com/IG/@brisiajodie96)

Lewat ajang Indoensian Idol, sosok Brisia Jodie semakin mencuat di publik. Ia pun kini kerap mengisi acaa-acara di televisi dengan penampilan memukau di atas panggung. (Liputan6.com/IG/@brisiajodie96)

Meski Jodie selalu tampil anggun dengan high heels dan gaun, ternyata gadis 23 tahun ini justru lebih nyaman menggunakan sepatu. Ia juga mengatakan kalau ia adalah pecinta sneakers. Tak heran jika punya banyak sepatu. (Liputan6.com/IG/@brisiajodie96)

Meski Jodie selalu tampil anggun dengan high heels dan gaun, ternyata gadis 23 tahun ini justru lebih nyaman menggunakan sepatu. Ia juga mengatakan kalau ia adalah pecinta sneakers. Tak heran jika punya banyak sepatu. (Liputan6.com/IG/@brisiajodie96)

Tiap bulan, Jodie bisa membeli puluhan sepatu sneakers sekaligus. Tak heran jika ia mengaku rumahnya sampai tak cukup untuk menampung semua koleksi sneakers yang dimilikinya. (Liputan6.com/IG/@brisiajodie96)

Tiap bulan, Jodie bisa membeli puluhan sepatu sneakers sekaligus. Tak heran jika ia mengaku rumahnya sampai tak cukup untuk menampung semua koleksi sneakers yang dimilikinya. (Liputan6.com/IG/@brisiajodie96)

Dari sekian banyak koleksi sneakers miliknya, Jodie menyebut jika Louis Vuitton adalah yang paling mahal. Ia menambahkan harus menabung dan bekerja keras demi membeli sneakers incarannya. (Liputan6.com/IG/@brisiajodie96)

Dari sekian banyak koleksi sneakers miliknya, Jodie menyebut jika Louis Vuitton adalah yang paling mahal. Ia menambahkan harus menabung dan bekerja keras demi membeli sneakers incarannya. (Liputan6.com/IG/@brisiajodie96)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad dan Nagita Salvina Tampil Mesra dengan Baju Tradisional Korea

Posted: 28 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memanfaatkan waktunya berlibur ke Korea Selatan. Dalam unggahan terbarunya, keduanya tampak mengenakan baju tradisional Korea Selatan bernama hanbok.

Awalnya, hanbok dipakai hanya untuk acara khusus, seperti pernikahan atau acara keagamaan. Seiring waktu berjalan, hanbok dikenakan untuk acara pesta dengan desain yang lebih modern. Tak sedikit pesohor Korea yang mengenakan pakaian tersebut.

Dalam unggahannya itu, Raffi mengenakan hanbok putih lengkap dengan topi yang disebut pula sebagai gat. Putih melambangkan kesucian dan juga simbol kemurnian dan kerendahan hati.

Sementara, Gigi mengenakan hanbok pink. Warna pink memberikan rasa relaks atau menenangkan dan kelembutan.

"Good morning ....Bersandar dulu ah ... ❤️," tulis Raffi Ahmad sebagai keterangan foto, Jumat (29/11/2019).

Berpelukan

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengenakan hanbok, busana tradisional Korea Selatan (Dok.Instagram/@raffinagita1717/https://www.instagram.com/p/B5ZSpC5hMEh/Komarudin)

Dalam unggahan sebelumnya, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga tampak mengenakan hanbok saat berada di taman. Mereka tampak romantis dengan saling berpelukan.

"❤️ So Sweet 😍," tulis Raffi sebagai keterangan foto, Kamis, 28 November 2019.

Penampilan Raffi dan Gigi yang mengenakan hanbok mendapat banyak tanggapan dari warganet. Mereka tampak senang melihat kemesraan orangtua Rafathar itu.

"Ya holohh so Sweet, couple goals bgt.. ❤️💋anyong,kamsahamida,saranghae 😂," komentar @justzah_26. "Ahhh sweet bgt kak . . .," jelas @nidyasari234.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua MPR Minta PTIQ Kaji Empat Pilar dari Perspektif Alquran

Posted: 28 Nov 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan bagian dari Empat Pilar MPR yang perlu dikaji dari perspektif Alquran. Demikian dikatakan oleh Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. 

Jazilul mengusulkan dan menggagas penulisan sebuah buku dengan tema Empat Pilar MPR dalam Perspektif Alquran yang ditulis para sarjana alumni Institut PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an).

Buku ini merupakan kajian yang dilakukan sarjana-sarjana ilmu Alquran yang menjadi kontribusi Ikatan Alumni PTIQ (IKAPTIQ) kepada bangsa dan negara ini.

"Itu karena saya juga berasal dari alumni PTIQ, saya berharap IKAPTIQ bisa membuat suatu karya semacam buku Empat Pilar dalam perspektif Alquran. Nanti bersama saya dan atas ijin Rektor PTIQ kita membuat sebuah kajian dalam rangka mengisi kekosongan apalagi pada saat ini kita dihadapkan pada perang ideologi," kata Jazilul dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SWA sekaligus Haflah Kebangsaan dan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Ma'had Institut PTIQ Jakarta, Kamis (28/11).

Kegiatan yang diadakan IKAPTIQ bekerjasama dengan MPR RI ini dihadiri Rektor PTIQ Prof Dr Nasaruddin Umar, para mahasiswa dan alumni PTIQ.

Menurut Jazilul, kajian Empat Pilar dari perspektif Alquran cukup penting untuk mengisi kekosongan wacana tentang kebangsaan.

"Saya pikir kajian ini penting untuk bangsa ini. Bagi sarjana-sarjana Ilmu Alquran, kajian ini menjadi kontribusi untuk mengisi kekosongan wacana tentang pilar-pilar kebangsaan. Para calon sarjana maupun sarjana Ilmu Alquran bisa terlibat dalam kajian Empat Pilar dari perspektif Alquran ini," ujar politisi PKB ini.

"Nanti tim kajian atau penulis buku bisa dipimpin senior IKAPTIQ. Kemudian kita buat karya itu dan kita launching sebagai satu kontribusi IKAPTIQ kepada bangsa ini. Bersama kami, para alumni PTIQ duduk bersama menggagas kajian agar Empat Pilar ini selaras dengan apa yang ada dalam Alquran," sambungnya.

Jazilul menambahkan salah satu tugas MPR sebagaimana amanah UU MD3 adalah menyerap aspirasi dan menjaga Empat Pilar kebangsaan.

"Sebagai Ketua IKAPTIQ sekaligus Wakil Ketua MPR, saya perlu jelaskan yang dimaksud dengan Empat Pilar adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara yang menjadi perekat kebangsaan kita, berbeda-beda tapi tetap satu. Biasanya orang menyebut PBNU (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD NRI Tahun 1945). Biar mudah disebut PBNU," terangnya.

Berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Jazilul mencontohkan teladan Nabi Muhammad yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk membangun masyarakat. Unsur penting dalam pembangunan masyarakat adalah software-nya, yaitu ahlak. "Hari-hari ini kita dihadapkan dengan situasi dimana software-nya mulai rusak. Software (ahlak) manusia agak rusak," ujarnya.

Oleh karena itu Jazilul mengharapkan para mahasiswa, sarjana, dan alumni PTIQ bisa memberikan warna untuk perubahan terutama pada ahlak dan moral bangsa ini.

"Meskipun kita melakukan pembangunan sarana infrastruktur secara fisik, kalau di dalam diri manusia keropos, tentu lambat laun pembangunan fisik itu tidak akan bermakna bagi bangsa dan negara," ucapnya.

Sementara itu, Rektor PTIQ Prof Dr Nasaruddin Umar merasa bangga dengan adanya alumni PTIQ yang menjadi pimpinan MPR. "Saya merasa bangga, ketika dalam Sidang Paripurna MPR, ada alumni PTIQ duduk di jajaran pimpinan sidang. Para mahasiswa bisa mencontoh alumni PTIQ ini. Banyak petinggi di negeri ini adalah alumni PTIQ," ujarnya.

Nasaruddin menambahkan alumni PTIQ banyak dibutuhkan di masyarakat. "Dua masjid di Los Angeles Amerika Serikat dan masjid di Inggris meminta kepada saya alumni PTIQ untuk menjadi imam di masjid. Imam masjid di sana, tidak sekadar imam salat, tetapi adalah seperti pemimpin umat," tuturnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Biksu Tibet Bakar Diri untuk Protes Pemerintah China

Posted: 28 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Tibet - Seorang mantan biksu Buddha Tibet tewas setelah membakar diri sebagai protes atas penindasan yang dilakukan oleh China.

Yonten (24 tahun), yang tadinya biksu di Biara Kirti di Provinsi Sichuan di China, melakukan aksi bakar diri pada Selasa 26 November 2019, kata seorang pejabat Tibet, Kanyag Tsering, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (29/11/2019).

Tsering menjelaskan, pemerintah China telah memberlakukan peraturan ketat di kawasan itu, termasuk penggunaan telepon seluler, memperlambat pengumpulan dan penyebaran informasi tentang aksi bunuh diri itu.

"Kami tidak punya informasi apakah jasad Yonten sudah diserahkan kepada keluarganya atau belum, karena semua saluran komunikasi diblokir pemerintah, kata pernyataan yang dikeluarkan biara itu," katanya.

Dalam sepuluh tahun terakhir, di Tibet telah terjadi 156 kasus bakar diri, 44 di antaranya terjadi di dekat Biara Kirti, tambah pernyataan itu.

China mengatakan telah berusaha untuk mempermodern masyarakat Tibet sejak "membebaskan" mereka dalam tahun 1950.

AS: China Sengaja Menghambat Akses ke Tibet Secara Sistematis

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (Eric BARADAT/AFP)

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan dalam sebuah laporan, bahwa China "secara sistematis" menghambat akses dunia internasional ke Tibet, dengan membatasi dan bahkan melarang para diplomat, jurnalis, dan warga negara biasa datang berkunjung.

Kementerian Luar Negeri AS mendokumentasikan masalah akses ke wilayah Himalaya itu dalam sebuah laporan untuk Kongres, yang merupakan bagian dari amanat rancangan Akses Timbal-Balik ke Undang-Undang Tibet.

Dikutip dari Channel News Asia pada Selasa (26/3/2029), rancangan undang-undang tersebut disahkan dengan dukungan kedua kubu politik AS pada Desember lalu.

Undang-undang itu mengharuskan Amerika Serikat pada akhir tahun ini, menolak visa pejabat China yang bertanggungjawab atas implementasi hambatan sistematis terhadap akses menuju Tibet.

"Pemerintah China secara sistematis menghambat akses menuju Daerah Otonomi Tibet (TAR), dan juga daerah Tibet di luar TAR, yang berlaku bagi diplomat dan pejabat AS, wartawan dan turis sejak 2018," kata laporan itu kepada Kongres.

Bahkan kunjungan para diplomat AS "sangat dibatasi" di China, katanya.

"Orang-orang yang ditunjuk pemerintah China mengikuti diplomat dan pejabat AS setiap saat, mencegah mereka bertemu atau berbicara dengan kontak lokal, menginterogasi mereka dan membatasi gerak mereka di daerah-daerah ini," katanya.

Tibet adalah satu-satunya wilayah di China yang mengharuskan para diplomat dan jurnalis memiliki akses khusus untuk datang berkunjung.

Kemlu AS mengatakan bahwa China tahun lalu menolak lima dari sembilan permintaan Washington untuk mengunjungi Tibet, termasuk salah satunya oleh Duta Besar Terry Branstad.

Mengutip Klub Koresponden Asing China, Kemlu AS juga menyebut tujuh jurnalis internasional yang mengajukan izin berkunjung ke Tibet pada tahun lalu, mengalami penolakan setelah melalui proses pendaftaran yang sangat menyita waktu.

Laporan itu juga menyebut bahwa China menolak akses turis ke Tibet selama waktu yang dianggapi sensitif secara politik.

Selain itu, warga negara AS keturunan Tibet yang datang berkunjung juga disebut harus menonton pemutaran film khusus oleh otoritas China, yang menurut Washington, berisi propaganda.

Matteo Mecacci, presiden Kampanye Internasional untuk Tibet, yang mendukung pengesahan RUU terkait, menyambut baik laporan Kemlu AS sebagai tanda bahwa Washington "serius membahas akses timbal balik ke Tibet".

"Saya pikir itu menunjukkan bahwa hubungan timbal balik dengan China adalah prinsip yang penting, tidak hanya untuk masalah perdagangan atau ekonomi, tetapi juga untuk akses ke Tibet," kata Mecacci, mantan anggota parlemen Italia.

"Tujuan RUU itu bukan untuk menghalangi pejabat China datang ke AS, namun ini bertujuan mengakhiri isolasi Tibet," lanjutnya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Pesan Mengharukan dari Ibu pada Anaknya yang Driver Ojol

Posted: 28 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orangtua pasti akan mendukung setiap hal yang akan dilakukan oleh anak-anaknya. Biasanya dukungan tersebut dapat berupa perkataan yang menghangatkan yang akan selalu kita ingat hingga kapanpun.

Hal ini juga turut dirasakan oleh salah satu pengendara ojek online bernama Ryan. Dalam akun Twitter miliknya @ryan_nus, ia membagikan tangkapan layar saat ia sedang bertukar kabar dengan sang ibunda. Menariknya, dalam unggahan tersebut, Ryan nampak menanyakan saudara kandungnya yang sedang melamar pekerjaan.

 

"Bu, si **** udah keterima kerja?," tanya Ryan pada pesan singkat melalui WhatsApp tersebut. Sang ibu pun menjawab bahwa saudara kandung Ryan sudah berhasil diterima bekerja di salah satu perusahaan.

Setelah mendapatkan kabar tersebut, Ryan tentu merasa senang dan mengatakan kepada sang ibu bahwa hanya dirinya saja yang bekerja sebagai ojek online di antara ketiga saudaranya tersebut.

"Wuih, berarti cuma anak yg ini kerja jadi kang ojek," tulis Ryan pada pesan singkat tersebut.

Setelah mengatakan hal tersebut, Ryan mendapatkan jawaban yang tidak terduga dari sang ibu seperti,

"Kerja dikantoran atau kerja dijalanan sama saja. Yang penting pulang bawa duit, jangan bawa masalah," tulis sang ibunda. Diketahui, Ryan memiliki 2 saudara perempuan dan 1 laki-laki, di antara ketiganya Ryan adalah anak ketiga dari 4 bersaudara.

"Saya punya saudara 2 cewek 1 cowok," kata Ryan saat diwawancarai oleh tim Liputan6.com

1. Tidak Merasa Minder

Sumber: Twitter @ryan_nus

Ryan mengatakan bahwa dari ketiga saudaranya hanya dialah yang hanya memiliki pendidikan Sekolah Menengah Atas, sedangkan ketiga saudaranya memiliki pendidikan hingga sarjana.

"Ketiganya S1, saya SMA," katanya.

Meski memiliki tingkat pendidikan yang berbeda, namun hal tersebut tidak membuat Ryan merasa minder dan malu. Ia juga mengatakan bahwa pendapatannya jauh lebih besar dari ketiga saudaranya tersebut.

"Gak minder. Pendapatnya lebih gede malah," tuturnya.

2. Viral

Ilustrasi sosial media. (via: qureta.com)

Cuitan Ryan yang diunggah pada 20 November 2019 ini pun mendadak viral di kalangan warganet. Unggahan tersebut juga berhasil disukai sebanyak 21 ribu dan sudah dibagikan sebanyak 9 ribu lebih.

Bukan hanya itu, cuitan Ryan ini juga menimbulkan banyak komentar dari warganet. Beberapa warganet memberikan semangat kepada Ryan dan juga merasa kagum dengan jawaban dari sang ibu.

"Semangat bang, btw jangan bawa duit mulu bang, bawa mantu buat ibu tuh," tulis akun Twitter @farid_zakaria

"bukan masalah kerja di kantoran atau di jalanan mas. tugas utama cowo ya kerja, ada penghasilan, halal. masalah kerja dikantor, dijalan, diruangan ber ac itu masalah belakangan. semangat mas," tulis akun lainnya.

"Ibunya open minded bangett," sahut akun lainnya.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Avanza G 2017 atau Calya G Terbaru?

Posted: 28 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Toyota memiliki beragam jenis mobil 7 penumpang. Dua model yang harganya terjangkau adalah Toyota Avanza dan Calya. Calya berstatus LCGC dan Avanza adalah model reguler untuk keluarga.

Sebetulnya dua kendaraan ini punya segmentasi market yang beda. Namun lagi-lagi ada titik temu, kalau kita membandingkan harga. Antara Calya G AT baru dan Avanza G lansiran 2017.

Varian tertinggi, Calya G AT dijual Rp 158,4 juta OTR Jakarta. Sementara Avanza G AT keluaran 2017 di pasar mobkas Jabodetabek dilego antara Rp 140 juta hingga Rp 160 jutaan. Banderol tergolong masih tinggi dibanding merek lain sekelasnya. Dan yang pasti, keduanya produk T brand yang sudah melekat di hati konsumen kebanyakan. Mana yang layak dipilih?

Mesin

Perbandingan dimulai dari performa engine. Calya mengandalkan powertrain 3NR-VE berkubikasi 1.197 cc. Mesin inilah yang diklaim irit bahan bakar dan mampu mengakomodasi mobil keluarga ukuran kompak. Konfigurasinya 4 silinder dengan dual VVT-i, mampu menyuplai torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm. Lalu daya maksimal sebesar 86,2 Tk pada 6.600 rpm.

Sedang Toyota Avanza, punya kapasitas sedikit lebih besar. Mesin bensin NR 1.329 cc menghasilkan tenaga maksimum 94,5 Tk pada 6000 rpm. Dorongan torsi puncaknya 120 Nm pada 4.200 rpm. Wajar saja output-nya jadi daya unggul, lantaran ruang bakarnya lebih besar dari Calya.

 

Dimensi

Toyota Calya sang raja LCGC

Avanza memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, wheelbase 2.655 mm dan jarak pijak tanah 200 mm. Sementara Calya punya panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance 180 mm. Untuk kelapangan kabin, keduanya akomodatif, namun lebih lega Avanza. Meski, di dalam Calya terbaru memiliki interior yang makin bagus dan tambahan kompartemen.

Fitur Keselamatan

Pada Calya, dibekali sistem pengereman, ABS plus EBD, yang memastikan kontrol optimal saat berkendara. Immobilizer key tetap dipertahankan, untuk mengurangi risiko pencurian. Tak ketinggalan sematan dual SRS Airbag, 3 point seatbelt, isofix dan anti-theft system di semua tipe. Ditambah retractable mirror yang bikin praktis. Paling penting, audio steering switch yang baru di Calya. Ini memudahkan pengaturan audio head unit, tanpa perlu memindahkan tangan dari genggaman di kemudi. Praktis dan menambah keamanan.

Fitur safety keduanya mirip. Avanza G AT menyediakan dual SRS airbag, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Avanza punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik. Namun pada unit bekas, tidak diberi audio switch di lingkar kemudi. Calya sedikit lebih baik di sektor ini.

Hiburan dan Kelengkapan

Urusan pemanja telinga, Avanza punya head unit 2DIN namun belum layar sentuh. Anda bisa memutar musik lewat DVD, CD, AUX, USB dan Bluetooth. Kalau Calya G menawarkan monitor layar sentuh 6 inci yang terhubung iPod atau Iphone connectivity, MP3, DVD, USB, bluetooth dan aux. Sistem penyejuk kabin Avanza sudah double blower. Calya hanya memakai kipas tambahan, yang meneruskan embusan AC depan ke kabin belakang.

 

Pilih Mana?

Jujur dengan dana segitu, meski unit bekas, Avanza memiliki kemampuan dan kelapangan lebih dari Calya. Mobil bikinan 2017 masih tergolong baru, asal Anda memilih unit yang sehat di semua aspek. Beli Calya memang terasa gres dan ada kepuasan batin. Terlebih lampu sudah LED dan pelek dual tone. Bila fungsi sebuah kendaraan yang sedang Anda cari, maka Avanza tetap lebih layak dipinang. Meski, membeli Calya pun bukan hal yang salah.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesta Inklusif, Rayakan Keberagaman Bersama Sobat Disabilitas

Posted: 28 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Hari Disabilitas Internasional (HDI), Koneksi Indonesia Inklusif (Konekin) bekerja sama dengan Kementerian PPN/ Bappenas dan M Bloc akan menggelar Pesta Inklusif pada 30 November 2019. Tema yang diusung dalam HDI tahun ini adalah "Indonesia Inklusif, Disabilitas Unggul". 

Konekin yang merupakan startup sosial yang berfokus pada perluasan informasi, partisipasi, dan penciptaan kolaborasi disabilitas dan non-disabilitas ingin Hari Disabilitas Internasional bisa dinikmati semua kalangan. Oleh sebab itu Pesta Inklusif diselenggarakan di tempat terbuka, Bloc Space Jl. Panglima Polim No. 37 Jakarta Selatan. 

"Biasanya peringatan HDI ini dilakukan di ruang tertutup, nah sekarang kita mau bikin di ruang publik biar semua bisa menikmati. Kan HDI ini sebenarnya bukan hanya untuk penyandang disabilitas tapi juga untuk non disabilitas agar bisa lebih peduli," ujar Marthella Rivera, Founder Konekin dalam konferensi pers (28/11/2019) di Jakarta Selatan.

 

Talkshow hingga Stand Up Comedy

Rencananya, Pesta Inklusif akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti talkshow, pagelaran seni kreator disabilitas, hingga booth produk dan jasa dengan kolaborator inklusif. 

"Pesta Inklusif ingin menyampaikan pesan bahwa HDI adalah pesta kita bersama merayakan keberagaman," ucap Marthella.

Tema talkshow yang akan diangkat dalam Pesta Inklusif diantaranya tentang akses pekerjaan bagi penyandang serta kebijakan pemerintahyang mendukung penyandang disabilitas. Narasumber yang akan menjadi pembicara dalam talkshow berasal dari pihak Kementerian PPN/Bappenas, Kementrian PANRB, Kementrian Ketenagakerjaan dan Alfamart.

Pesta ini akan dimeriahkan juga dengan penampilan seni dari kawan disabilitas. Diantaranya, tari saman tuna netra, tari modern down syndrom, stand up comedy tuna netra, band autis, dan double difabel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuota Premium di 2019 Diprediksi Bakal Ikut Jebol

Posted: 28 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memprediksi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium akan melebihi dari kuota yang ditetapkan. Hal ini sama seperti yang terjadi pada solar subsidi.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan realisasi konsumsi premium penugasan 2019 diperkirakan lebih tinggi dibanding 2018.

Hal ini disebabkan cakupan penyaluran premium penugasan lebih luas yaitu di willayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali). Dengan demikian, Pertamina harus menambah pasokan premium penugasan ke 571 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Jadi 2018 ada regulasi yang dikeluarkan 28 Mei 2018 di mana pemerintah beri tugas tambahan untuk penyaluran premium di Jamali," kata Nicke,di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Menurut Nicke dengan bertambahnya cakupan penyaluran premium penugasan membuat konsumsi melebihi kuota yang diditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019.

"Inilah yg jadi dasar kenapa prognosa 2019 lebih tinggi dibanding 2018," ujarnya.

 

Prediksi Konsumsi

Petugas melayani konsumen yang mengisi bahan bakar kendaraannya di SPBU kawasan Jakarta, Selasa (26/11/2019). PT Pertamina (Persero) mulai menyediakan solar dengan kandungan 30 persen Fatty Acid Methyl Ester (FAME) yang berbahan baku minyak sawit. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nicke mengungkapkan, pada tahun ini kuota premium penugasan ditetapkan dalam APBN sebesar 11 juta Kilo Liter (KL). Sedangkan prediksi konsumsi sampai akhir 2019 sebesar 12 juta KL.

"Jadi kalau kita lihat prognosa premium di 2019 yaitu 12 juta, lebih tinggi dari kuota yang diberikan yaitu 11 juta,"ujarnya.

Selain premium penugasan, konsumsi solar subsidi pada 2019 diperkirakan akan mencapai 16 juta KL. Hal ini melebihi kuota yang ditetapkan dalam APBN sebesar 14,5 juta‎ KL.

"Dengan demikian ini angka yang akan kami jadikan dasar penyaluran bio solar di 2019 yaitu angkanya 16 juta KL," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Stres dengan Mengingat Kembali Kenangan Bahagia

Posted: 28 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior, kenangan positif dapat membuat hormon kortisol atau hormon stres beristirahat. Peningkatan kadar hormon stres ini kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit, mulai dari bertambahnya berat badan hingga penyakit jantung.

Mauricio Delgado, PhD, profesor psikologi di Rutgers University mencoba menunjukkan regulasi meningkatkan emosi positif melalui mengingat ingatan positif. Dalam penelitiannya, Delgado dan rekan penulisnya, Megan Speer meminta partisipan untuk terjun ke dalam air es dan memikirkan kenangan bahagia.

Hasil penelitian menemukan bahwa partisipan yang mengingat kembali kenangan bahagia mempunyai penahan atau penyangga yang dapat melawan peningkatan kadar hormon kortisol.

Tak berhenti sampai disitu, para penulis mengulangi percobaan dengan kelompok sukarelawan yang berbeda dengan memindai otak mereka. Hasil pemindaian mengungkapkan bahwa mereka yang memikirkan kenangan bahagia mengalami peningkatan aktivitas di bagian otak yang terkait dengan regulasi emosi dan kontrol kognitif (area yang ditekan oleh stres akut).

 

 

Perlu penelitian lanjutan

Namun, Delgado menyebut masih perlu penelitian lebih lanjut tentang ingatan bahagia yang lebih spesifik seperti apa yang dapat membantu melawan stres.

"Gagasannya adalah bahwa beberapa peristiwa positif yang paling berkesan cenderung melibatkan orang-orang yang dekat dengan kita," kata Delgado, melansir laman Health.

Menurut Delgado kenangan bahagia yang kita punya cenderung didapat saat melakukan interaksi dengan orang-orang yang dekat dengan kita.

"Kami sebelumnya telah menunjukkan bahwa interaksi dengan orang-orang yang dekat dengan kita cenderung mengatur rangkaian penghargaan. Jadi ada interaksi menarik antara penghargaan, ingatan, dan sistem sosial yang sudah dijalani," kata Delgado.

Sementara itu, cobalah untuk mengingat kembali kenangan bahagia saat stres melanda. Ini karena mengingat kembali kenangan bahagia dapat membantu menghentikan kenaikan kadar hormon kortisol penyebab stres.

Penulis: Winda Nelfira

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Dear Netizen: Bisakah Indonesia Ulang Kejayaan di SEA Games Filipina?

Posted: 28 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak terakhir kali menjadi juara umum di SEA Games 2011, Indonesia selalu kesulitan menembus tiga besar sekalipun. Di dua SEA Games terakhir, 2015 dan 2017, Indonesia bahkan hanya menduduki posisi kelima.

Padahal, hingga saat ini, Negeri Tercinta ini masih tercatat sebagai salah satu negara yang paling banyak menjadi juara di ajang multicabang terbesar se-Asia Tenggara ini, 10 kali.

Nah, di SEA Games 2019 Filipina, 30 November-11 Desember 2019, Indonesia punya peluang memperbaiki prestasi. Presiden RI, Joko Widodo pun menargetkan pasukan Merah Putih bisa masuk posisi dua besar di klasemen akhir perolehan medali.

Pertanyaannya, mampukah Indonesia mewujudkan target tersebut? Bisakah Indonesia mengulang kejayaannya di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara ini?

Untuk membahasnya, Dear Netizen kali ini akan membahas seputar peluang Indonesia di SEA Games 2019 Filipina dengan nara sumber Dr Yayan Rubaeni, M.PD, Kepala Bidang Olahraga Prestasi Internasional Kemenpora.

Jadi, jangan lewatkan live Streaming "Dear Netizen: Bisakah Indonesia Ulang Kejayaan di SEA Games Filipina?", Jumat 29 November 2019, mulai pukul 15.00 WIB yang akan dipandu oleh Istiarto Sigit melalui tautan ini.....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kekalahan Perdana Manchester United di Liga Europa

Posted: 28 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United kalah disikat Astana 1-2 dalam lanjutan liga europa hari Kamis (28/11). Meski kalah MU masih berada di puncak klasemen grup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Pengungsi Koban Banjir Bandang Solok Selatan Terserang ISPA

Posted: 28 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Padang - Buruknya sirkulasi udara di posko pengungsian korban banjir bandang di Nagari Pakan Rabaa Timur, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat membuat ratusan pengungsi terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

"Pada hari pertama mengungsi belum ada yang terserang penyakit, namun mulai hari ke dua hingga kini terus meningkat," kata tim medis yang bersiaga di posko Balai Adat Pakan Rabaa, dr Riana Yoseverta kepada Liputan6.com, Kamis (28/11/2019).

Selain ISPA, pengungsi juga terserang penyakit maag yang disebabkan oleh tingkat stres yang cukup tinggi akibat memikirkan kondisi rumah mereka, apalagi yang rusak berat dan tidak bisa lagi dihuni.

Hingga Kamis (28/11/2019) jumlah pengungsi yang menderita ISPA serta maag mencapai 101 orang yang ditangani langsung oleh tim medis yang bersiaga di lokasi sejak posko pengungsian dibuka.

"Sejauh ini stok obat-obatan mencukupi," kata dia.

Riana menilai kondisi posko pengungsian tidak kondusif karena air bersih yang tidak memadai, ruangan cukup kecil untuk diisi ratusan orang, dan sirkulasi udaranya tidak bagus untuk kesehatan.

Kemudian kamar kecil juga seadanya, sehingga jika pengungsi tidak dipindahkan sebagian ke tempat lain maka berpotensi untuk terserang penyakit yang lebih parah. "Pengungsi tidak bisa bertahan lebih lama dengan kondisi seperti ini," ujarnya.

Sementara Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengatakan pengungsi akan segera dipindahkan sebagian agar lebih nyaman, terutama bagi perempuan yang hamil dan memiliki balita.

"Lokasinya tidak jauh dari posko yang ada sekarang, kemungkinan besok akan dipindahkan sebagian," ujar dia.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menetapkan status tanggap darurat bencana banjir selama 14 hari, mulai Jumat (22/11/2019). Empat kecamatan meliputi Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu dan Sangir, Pauh Duo tercatat terdampak banjir.

Berdasarkan data BPBD Solok Selatan pengungsi paling banyak berada di Sapan Salak 100 orang, Aia Batuang 60 orang, Sapan Batu 70 orang, Pasir Panjang 70 orang dam Balai Adat 30 orang.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencurian Mata Uang Digital Melonjak Tajam, Kerugian Tembus Rp 62 Triliun

Posted: 28 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pencurian mata uang digital pada tahun 2019 telah melonjak tajam jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Laporan perusahaan forensik blockchain CipherTrace menyebut, kerugian atas pencurian mata uang digital diperkirakan melonjak menjadi USD 4,4 miliar atau sekitar Rp 62 triliun dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Angka itu naik 1,5 kali lipat lebih tinggi dari tahun lalu yang mencapai USD 1,7 miliar saja.

"Peningkatan seratus lima puluh persen pada pencurian dan penipuan mata uang digital mencerminkan bagaimana penjahat beradaptasi untuk nilai yang lebih besar dan lebih baik," ujar Dave Jevans, CEO CipherTrace, dikutip dari Reuters, Jumat (29/11/2019).

Beberapa tahun terakhir ini mata uang digital telah menarik perhatian regulator di banyak negara di dunia. Para pengembang dan pelaku pasar mata uang digital tengah mengupayakan untuk bisa masuk ke arus utama seperti halnya mata uang fiat.

Dua Kasus Terbesar

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Adapun dua kasus pencurian besar yang menjadi pendorong utama lonjakan tahun ini adalah kasus yang menyebabkan pengguna secara akumulatif kehilangan USD 2,9 miliar yang melibatkan PlusToken, sebuah perusahaan dompet dan pertukaran mata uang digital. Diduga kuat kasus ini menggunakan modus skema Ponzi.

Kasus lainnya adalah lenyapnya USD 195 juta milik pengguna layanan perusahaan pertukaran mata uang digital di Kanada, QuadrigaCX.

"Bahkan tanpa dua kasus itu pun kami masih menyaksikan banyak kejahatan bernilai jutaan dolar," kata Dave. "Ada peningkatan relatif konsisten pada aktivitas kriminal mata uang digital dari tahun ke tahun dan kami tidak berharap itu berubah dalam semalam."

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayu Dewi Jaga Rahasia Identitas Calon Suami Luna Maya

Posted: 28 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Dewi jadi sasaran keingintahuan pewarta menyoal identitas calon suami Luna Maya. Sebagai sahabat, Ayu Dewi diyakini mengetahui dengan siapa Luna Maya berencana untuk naik pelaminan.

Belakangan ini, tersiar kabar jika Luna Maya bakal menikah dengan pria berpaspor Jepang. Apalagi, Luna Maya kerap memperlihatkan sinyal jika calon suaminya adalah pria tersebut melalui media sosial.

Disinggung mengenai identitas calon suami Luna Maya yang berasal dari Negeri Sakura, Ayu Dewi diam seribu bahasa.

Ia menganggap, dirinya tak memiliki kapasitas untuk membongkar identitas calon suami Luna Maya. Meskipun sebenarnya, Ayu Dewi sudah mengetahui dengan siapa Luna Maya kini menjalin asmara.

 

 

Jaga Rahasia

Luna Maya - Ayu Dewi (Adrian Putra/bintang.com)

Ayu Dewi tetap pada prinsipnya untuk tak membahas mengenai identitas calon suami Luna Maya meski dicecar pertanyaan oleh pewarta.

"Sama siapa pun yang penting dia bahagia," kata Ayu Dewi saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

Bertanya ke Luna Maya

Penampilan Luna Maya, Ayu Dewi dan Melaney Ricardo si Geng Menteri Ceria yang kece banget. (mrsayudewi/instagram)

Ayu Dewi juga mempersilahkan pewarta bertanya langsung ke Luna Maya mengenai identitas calon suaminya. Ayu Dewi tak mau ambil risiko tak lagi dianggap sebagai sahabat dengan banyak berkomentar di media.

 

 

Tak Mau Jadi Masalah

Luna Maya memamerkan fotonya yang diabadikan oleh Ayu Dewi, tapi warganet justru gagal fokus dengan wajah sabf artis. (Instagram/@lunamaya)

"Nanyanya sama Luna lah. Masa iya gue bocorin, entar enggak jadi sahabatnya lagi," kata Ayu Dewi dengan gaya bercanda khasnya.

Ayu Dewi tidak mau berkomentar apapun sebelum Luna Maya sendiri yang melakukannya. Ayu Dewi khawatir apa yang disampaikannya bisa menjadi masalah ke depannya.

 

Galak

Ayu Dewi (Nurwahyunan/Bintang.com)

Ayu Dewi juga mengungkapkan jika dirinya tak berani mendahului Luna Maya soal kehidupan pribadinya. "Berhubung dia belum ngomong apa-apa, kita nanti salah-salah. Apalagi bule galak-galak," kata Ayu Dewi lagi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Ibu Sambung, Ini 6 Momen Kartika Putri Bareng Ketiga Anak Habib Usman

Posted: 28 Nov 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa, sih, yang tidak mengenal Kartika Putri? Seleb cantik Tanah Air ini namanya melambung sejak menjadi presenter yang menghibur. Kartika Putri terkenal dengan gaya guyonannya yang lucu dan terkadang mengeluarkan dialek bahasa ngapaknya.

Wanita kelahiran Palembang ini pada 18 Oktober 2019 baru saja melahirkan anak perempuan hasil pernikahannya dengan Habib Usman Yahya bernama Khalisa Aghnia Bahira. Kehadiran si kecil Khalisa tentu menambah kebahagiaan keluarga Habid dan wanita 28 tahun ini. 

Sebelum menikah dengan seleb cantik Kartika Putri pada awal 2019 lalu, Habib Usman bin Yahya telah dikaruniai tiga anak. Dari pernikahan pertama dengan Ratu Tia, Habib memiliki tiga buah hati bernama Syarifah, Assajid dan Syatir. 

Menikah dengan Habib Usman bin Yahya beberapa bulan lalu menjadikan Kartika ibu tiri untuk ketiga anak Habib dari pernikahannya dengan Ria Tatu. Meski bukan berstatus ibu kandung, namun Kartika Putri bisa dekat banget lho sama anak-anak barunya. Perempuan 28 tahun ini rupanya juga pandai mengambil hati ketiga anak Habib

Meski menjadi ibu sambung, presenter sekaligus aktirs sangat dekat dengan ketiga anak tirinya. Dari laman instagramnya, Kartika pun sering membagikan momen manis bersama anak Habib Usman. Seperti apa potretnya? Dilansir dari akun instagram Kartika Putri, berikut 6 potret kebersamaan Kartika Putri dengan ketiga anak sambungnya, Jumat (29/11/2019) 

 

1. Ini dia potret Kartika bersama putri sulung Habib, Syarifah. Sama-sama manis ya!

Momen Keakraban Kartika Putri Bareng Ketiga Anak Habib Usman (Sumber: Instagram/kartikaputriworld)

2. Layaknya ibu kandung, hubungan Kartika dan kedua anak Habib ini terlihat akrab dan hangat.

Momen Keakraban Kartika Putri Bareng Ketiga Anak Habib Usman (Sumber: Instagram/kartikaputriworld)

3. Ketika istri Habib ini sedang mengandung, si kecil Syatir juga terlihat tak sabar menunggu kelahiran calon adiknya.

Momen Keakraban Kartika Putri Bareng Ketiga Anak Habib Usman (Sumber: Instagram/kartikaputriworld)

4. Ketiga anak Habib Usman, memanggil wanita kelahiran Palembang ini dengan sebutan bunda.

Momen Keakraban Kartika Putri Bareng Ketiga Anak Habib Usman (Sumber: Instagram/kartikaputriworld)

5. Di tengah kesibukannya, presenter sekaligus aktris ini selalu datang di perayaan ulang tahun anak Habib Usman.

Momen Keakraban Kartika Putri Bareng Ketiga Anak Habib Usman (Sumber: Instagram/kartikaputriworld)

6. Kartika Putri, Habib dan ketiga anak sambungnya tampil seragam dengan busan berwarna peach. Kompak banget ya!

Momen Keakraban Kartika Putri Bareng Ketiga Anak Habib Usman (Sumber: Instagram/kartikaputriworld)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bentrokan Berdarah di Buton Tengah, 1 Tewas Ditusuk

Posted: 28 Nov 2019 08:51 PM PST

Patroli, Buton Tengah - Puluhan personel polisi dan anggota TNI masih berjaga-jaga dilokasi bentrokan antara warga Desa Sangia Wambulu dan Desa Wadiabero, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (29/11/2019), pengamanan ketat dilalukan untuk mencegah terjadinya bentrok susulan.

Pemerintah Buton Tengah juga terus mengupayakan adanya perdamaian diantara warga dari dua desa yang bertetangga tersebut. Hingga Jumat, sebanyak 100 warga masih mengungsi.

Tidak hanya bupati, Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjend Pol Merdy Syam mengajak tokoh masyarakat menciptakan suasana damai. Untuk pengamanan, Polda Sulawesi Tenggara akan menambah personel jika dibutuhkan.

Bentrokan warga Desa Sangia Wambulu dan Desa Wadiabero terjadi Kamis dini hari. Peristiwa ini dipicu oleh ulah pemuda dari dua desa ini yang terlibat perselisihan setelah menenggak minuman keras.

Perselisihan berujung perkelahian yang menyebabkan seorang pemuda dari Desa Sangia Wambulu tewas ditusuk.

Warga dari Desa Sangia Wambulu yang tidak terima, kemudian menyerang balik. Akibatnya 25 rumah di Desa Wadiabero terbakar. Polisi kemudian menangkap empat pelaku penusukan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Ma'ruf Amin Jika Reuni 212 Jadi Dilaksanakan

Posted: 28 Nov 2019 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak melarang PA 212 untuk menggelar reuni yang akan digelar pada 2 Desember 2019 nanti. Namun dia meminta agar acara tersebut dilakukan dengan positif.

"Ya kita karena memang di negara demokrasi ya. Hal-hal seperti itu tidak dilarang," kata Ma'ruf Amin usai membuka Rapimnas Kadin, di Hotel Westin, Bali, Jumat (29/11/2019).

Dia pun menghimbau agar massa aksi tidak bersikap anarkis dan mengimbau agar tetap kondusif.

"Yang dilarang itu anarkis. Oleh karena itu kita mengimbau supaya tidak merusak suasana kondusif," kata Ma'ruf.

Sementara Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid tidak melarang reuni 212 pada 2 Desember mendatang. Dia berharap dengan adanya acara tersebut pihak 212 akan mengisi dengan hal positif.

"Reuni 212 hukumnya mubah atau boleh-boleh saja, tidak ada anjuran juga tidak ada larangan. Dilaksanakan tidak apa-apa, tidak dilaksanakan juga tidak berdosa. Namanya juga berkumpul dan bersilaturahmi," kata Zainut di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

 

 

Diisi Kegiatan Positif

Wakil Ketua MUI tersebut juga yakin alumni 212 akan menggelar acara tersebut diisi kegiatan positif. Jika reuni tersebut kata dia diisi dengan provokasi hal tersebut akan menimbulkan dosa.

"Tetapi jika reuni tersebut diisi dengan kegiatan yang tidak baik, misalnya melakukan provokasi, memfitnah, menebarkan ketakutan, kebencian, dan mengadu domba. Maka reuni tersebut bisa menimbulkan dosa," ungkap Zainut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cemburu, Pria Ini Lempar Air Keras ke Teman Pacar

Posted: 28 Nov 2019 08:45 PM PST

Patroli, Palembang - Satrio Purnomo, warga Ilir Timur III, Palembang, Sumatera Selatan, tak berkutik saat diamankan aparat Polrestabes Palembang atas penyiraman air keras yang dilakukannya terhadap seorang pemuda.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (29/11/2019), peristiwa yang terjadi pekan lalu itu berawal saat tersangka melihat kekasihnya tengah pergi bersama korban.

Terbakar cemburu, Satrio lantas mendatangi korban di kawasan Jalan Tengkuruk dan menyiramkannya dengan air keras yang sudah dia bawa.

Kini, pria 35 tahun itu dijerat dengan pasal penganiayaan dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Jalan Akses Pelabuhan Patimban Didesak Rampung April 2020

Posted: 28 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta agar pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 km dapat selesai tepat waktu sesuai target kontrak pada April 2020.

Dia menyatakan, ketersediaan infrastruktur jalan sangat krusial untuk menunjang Pelabuhan Patimban yang akan menjadi pelabuhan internasional terbesar di Indonesia selain Pelabuhan Tanjung Priok.

"Untuk itu saya minta agar ditambah sumber dayanya, baik peralatan dan pekerja. Shift kerja juga harus ditambah agar bisa selesai tepat waktu," kata Menteri Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (29/11/2019).

Diungkapkan Menteri Basuki, penyelesaian pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Patimban juga menjadi salah satu dari tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mantan Perdana Menteri Jepang periode 2007–2008 Yusuo Fakuda yang juga Ketua Asosiasi Jepang–Indonesia pada pekan lalu.

"Karena jalan akses ini juga bagian dari kerjasama antar Indonesia-Jepang dengan skema pinjaman yang melibatkan kontraktor dari negara pemberi pinjaman. Untuk itu harus bisa dikerjakan agar selesai tepat waktu. Saat ini progres konstruksi akses Pelabuhan Patimban mencapai 55,8 persen," terangnya.

 

Investasi Rp 1,12 Triliun

Pembangunan pelabuhan Patimban (Foto: Dok Kementerian Perhubungan)

Kontrak pembangunan jalan akses Pelabuhan Patimban dan konsultan supervisi telah ditandatangani pada 14 Agustus 2018 dengan kontraktor pelaksana yakni PT PP, PT Bangun Cipta Kontraktor, dan Shimizu Corporation dengan alokasi anggaran Rp 1,12 triliun

Sedangkan untuk konsultan supervisi dilakukan oleh Katahira & Engineer International bekerjasama dengan Nippon Engineering Consultant serta PT Perentjana Djaja, PT Sarana Multi Daya, PT Parama Karya Mandiri, PT Mekaro Daya Mandiri, dan PT Maratama Cipta Mandiri senilai Rp 63,51 miliar.

Jalan akses Pelabuhan Patimban dibangun dengan menggunakan 3 metode konstruksi yang sebagian besar elevated (jalan layang). Hal ini dikarenakan kondisi tanah di sekitar lokasi berupa persawahan dengan kontur tanah yang lunak. Ketiga konstruksi dibangun terdiri dari pile slab sepanjang 5,9 km, flyover sepanjang 1,6 km, dan flexible pavement sepanjang 0,7 km.

Lebih lanjut, Menteri Basuki mengutarakan, pembangunan jalan dengan konstruksi layang akan memberikan keuntungan bagi perlindungan areal persawahan yang berada di wilayah tersebut.

"Kalau dibangun dengan konstruksi konvensional, sawah dan irigasi teknis pasti habis. Adanya pembangunan jalan baru, biasanya diikuti oleh pertumbuhan pesat kegiatan warga seperti permukiman dan pertokoan.Oleh karenanya kami buat dengan konstruksi layang," tuturnya.

 

Pembangunan Jalan Tol

PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) terus mengejar pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) agar selesai tepat waktu pada Juli 2020.

Menurut informasi yang diberikan Kementerian PUPR, saat ini juga tengah dipersiapkan pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Pelabuhan Patimban dengan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) sepanjang 29,8 km dari eksiting Subang.

Saat ini sudah ada pemrakarsa Akses Tol Pelabuhan Patimban, yakni konsorsium antara PT Jasa Marga, PT Surya Semesta Internusa, PT Daya Mulia Turangga, dan PT Jasa Sarana dengan nilai investasi sekitar Rp 6,35 triliun.

Progres pembangunan akses tol ini telah memasuki finalisasi dokumen studi kelayakan, basic design, row plan, Amdal, serta dokumen perencanaan pengadaan tanah dari pemrakarsa ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk persiapan proses lelang.

Selanjutnya, pemrakarsa melakukan Feasibility Study (FS) yang direncanakan mulai Januari 2020. Konstruksi ditargetkan akan mulai dibangun pada 2021 dan selesai pada 2024.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengatasi Komedo di Dagu, Kenali Penyebabnya

Posted: 28 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komedo termasuk jenis jerawat ringan. Komedo bisa muncul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan bakteri. Komedo bisa muncul di hidung, dagu, pipi, hingga kening.

Komedo yang tertutup permukaan kulit disebut dengan whitehead. Sementara komedo yang keluar ke permukaan kulit disebut blackhead. Warna hitam pada komedo merupakan zat berlebih yang bereaksi dengan air. Komedo bisa memberi tampilan kurang menyenangkan di wajah.

Seperti bentuk jerawat lainnya, komedo sering terjadi pada dagu. Komedo di dagu membuat tekstur kulit nampak kasar, kering, dan terkadang berbintik hitam. Ada beberapa cara alami untuk mengatasi komedo di dagu.

Menghilangkan komedo di dagu bisa dilakukan di rumah dengan cara alami. Menghidari penyebab komedo di dagu juga bisa meminimalkan kemunculan yang lebih banyak. Berikut cara alami menghilangkan komedo di dagu yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/11/2019).

Penyebab komedo di dagu

Ilustrasi/copyright shutterstock by Boyloso

Minyak berlebih

Kelenjar sebaceous menghasilkan minyak pada kulit. Beberapa kelenjar sebaceous dapat menghasilkan terlalu banyak minyak. Kondisi ini dapat membuat jerawat dan komedo lebih mungkin muncul.

Bakteri

Pada beberapa orang, bakteri yang disebut Propionibacterium acnes menumpuk di kulit dan menyebabkan jerawat. Bakteri ini juga bisa menyebabkan komedo di area wajah salah satunya dagu.

Folikel rambut yang tersumbat

Sel-sel kulit mati dan minyak dapat menumpuk dan menyumbat folikel rambut. Ini terjadi ketika minyak menyebabkan sel-sel kulit mati terperangkap di pori-pori alih-alih naik ke permukaan kulit.

Gesekan

Gesekan pada dagu, seperti dari tali helm sepeda atau gesekan yang konstan dari tangan di siang hari, dapat menyebabkan komedo. Ini dikenal sebagai acne mechanica.

Menggunakan Masker oatmeal

Oatmeal/copyright: unsplash/markus spiske

Oat dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan bertindak sebagai pelembab alami. Beta-glukan yang dikandungnya membentuk lapisan tipis di kulit yang membantu mengencangkan kulit. Mengeksofoliasi kulit dengan oatmeal menyerap semua kotoran yang bersarang di pori-pori kulit. Pengangkatan ini termasuk minyak berlebih, bakteri, dan kotoran di kulit.

Haluskan 1 sendok makan oatmeal hingga membentuk bubuk kasar. Tambahkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh madu, dan air mawar secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini di dagu tempat berasarangnya komedo. Biarkan selama 10 menit kemudian gosokkan dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat.

Menguapkan wajah

Menguapkan wajah

Uap membuka pori-pori kulit wajah dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran untuk membersihkan kulit lebih dalam. Membuka pori-pori juga bisa melembutkan komedo, membuatnya lebih mudah dihilangkan. Ritual ini melepaskan bakteri dan sel penyebab jerawat dan komedo.

Masukkan air hangat ke dalam mangkuk atau baskom. Tutupi kepala dengan handuk dan hadapkan wajah ke arah mangkuk. Ini akan membuka pori-pori dan membuat ekstraksi lebih mudah. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam air. Jarak wajah ke mangkuk paling tidak harus sejauh 6 hingga 10 inci. Lakukan maksimal 10 menit, dan komedo akan dengan mudah terangkat.

Eksofoliasi dengan sea salt

Sea salt. (Foto: shutterstock.com)

Sea salt atau garam laut dibuat dengan cara menguapkan air garam. Sea salt dapat mengurangi kekeringan dan peradangan kulit. Garam laut adalah antibakteri yang sangat baik yang membuka pori-pori.

Campur garam laut dengan beberapa tetes air lemon dan sedikit air, lalu pijatkan campuran itu pada dagu. Cara ini melarutkan semua kotoran dan sel kulit mati. Sea salt juga bisa mencegah penuaan dini, membersihkan kulit, mengurangi lingkaran hitam, mengobati eksim dan jerawat.

Konsumsi vitamin C

Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh (sumber: iStockphoto)

Vitamin C adalah antioksidan yang melindungi dan memelihara kulit. Vitamin ini penting untuk mencegah jerawat, noda, dan komedo. Vitamin C melawan radikal bebas berbahaya dan menghambat pertumbuhan bakteri. Vitamin C akan mengurangi erusakan yang dapat ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap tubuh.

Vitamin C dapat menyeimbagkan produksi minyak di kulit. Ini dapat mencegah komedo di dagu yang disebabkan oleh minyak berlebih. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari makanan alami seperti pepaya, jeruk, stroberi, dan sayuran berdaun gelap.

Menggunakan putih telur sebagai peel-off masker

Ilustrasi putih telur/copyright shutterstock

Putih telur dapat menarik minyak dari pori-pori sambil mengencangkan kulit. Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat dengan minyak dan puing-puing lainnya. Masker putih telur dengan sedikit lemon akan membantu menghilangkan komedo, sementara protein dalam putih telur membantu menyembuhkan dan menyehatkan kulit.

Kamu bisa menggunakan campuran putih telur dan madu sebagai peel-off mask. Putih telur bertindak sebagai astringen ringan yang membersihkan pori-pori tersumbat, kotoran, dan debu yang mengendap di permukaan. Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang menenangkan kemerahan dan peradangan di wajah.

Campur kedua bahan hingga rata dalam mangkuk. Oleskan lapisan tebal di dagu. Biarkan sampai kulit mulai mengencang. Bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya satu kali seminggu.

Masker kopi

Masker kopi untuk wajah. (Foto: shutterstock.com)

Bubuk kopi merupakan pengelupas yang bagus. Butiran kopi tidak larut dalam air, yang membuatnya cocok untuk mengangkat sel kulit mati. Menggosok wajah dengan bubuk kopi dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori. Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap beberapa jenis bakteri penyebab komedo dan jerawat.

Campur dua sendok bubuk kopi hitam dengan minyak zaitun dan gula secukupnya sampai mengental seperti pasta. Aplikasikan ke dagu dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpora: Persani Pulangkan Atlet Senam SEA Games 2019 Bukan karena Keperawanan

Posted: 28 Nov 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kontingen Indonesia dibuat terkejut dengan kabar pemulangan paksa atlet senam SEA Games 2019, Shalfa Avrila Siani. Atlet asal Kediri ini dipulangkan karena dituduh tidak perawan.

Keluarga Shalfa kaget dengan kepulangan putri mereka dari SEA Games 2019.Bahkan mereka memeriksakan Shalfa ke rumah sakit dan tuduhan tidak perawan tidak terbukti.

Sesmenpora Gatot S Dewabroto pun langsung menanggapi kemelut SEA Gamaes 2019 ini dengan mengkonfirmasi langsung ke induk Persatuan Senam Indonesia (Persani).

"Kami baru dapat info kehebohan soal berita pemulangan atlet senam SEA Games 2019 secara paksa oleh pelatih Persani. Kami langsung call Bu Ita dari Persani," ujar Gatot seperti rilis yang diterima media.

"Dan infonya sebagai berikut: Katanya tidak betul ada pemulangan paksa oleh pelatih Persani. Yang benar kata Pak Indra (pelatihnya yang di Jatim) bahwa atlet tersebut indisipliner dan kurang fokus dan berdampak prestasi menurun, sehingga diputuskan pelatihnya tidak disertakan di SEA Games 2019. Dan digantikan oleh atlet lain yang peringkatnya jauh lebih tinggi."

 

Bukan soal Keperawanan

Kemenpora mengaku cukup prihatin dengan munculnya pemulangan atlet karena tuduhan tidak perawan. Namun, Kemenpora kini mendapatkan kejelasan soal ini karena informasi yang beredar tidak benar.

"Kemenpora tentu cukup prihatin dengan kejadian tersebut. Kami sudah langsung komunikasi dengan Persani. Yang benar, katanya terkait dengan masalah kondisi prestasinya, jadi tidak ada hubungannya dengan masalah mohon maaf cek keperawanan," ujar Gatot.

"Sesuai dengan Perpres 95 Tahun 2017, hak promosi dan degradasi atlet memang ada di cabor, bukan di Kemenpora maupun KONI."

Di sisi lain, Kemenpora mengaku bakal bertindak tegas dengan cabor yang memulangkan atlet dengan sewenang-wenang." Karena ini selain masalah privasi dan kehormatan seseorang, juga itu tidak ada hubungannya dengan soal prestasi," ujarnya.

"Kepada seluruh cabor kami ingatkan untuk tidak menimbulkan kehebohan sekecil apa pun, karena itu akan berdampak luas pada konsentrasi kontingen Indonesia secara keseluruhan. Lebih baik berkonsultasi langsung pada pimpinan induk cabor ataupun KONI dan jika tidak dapat terselesaikan langsung ke Kemenpora, agar isu-isu sensitif seperti itu bisa segera dimitigasi secepatnya."

 

Apa Kata Persani?

Sementara itu, Liputan6.com sudah berusaha menghubungi Ketua Umum Persatuan Olahraga Senam Indonesia (Persani), Ita Yuliati Irawan, untuk menanyakan peristiwa ini.

Namun hingga berita ini diturunkan, yang bersangkutan belum juga mengangkat telepon dan menjawab pesan whatsapp yang kami kirimkan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: