Selasa, 26 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Unesa Kukuhkan Tiga Guru Besar pada 2019

Posted: 26 Nov 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akhirnya mengukuhkan tiga guru besar yang berasal dari fakultas yang sama yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Guru Besar Universitas Negeri Surabaya tersebut antara lain Prof. Dr. Erman, M.Pd., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan IPA, Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pembelajaran Matematika Sekolah, dan Prof. Dr. Wasis, M.Si., sebagai Guru Besar Bidang Evaluasi Pendidikan IPA-Fisika.

Menurut Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., pengukuhan guru besar pada 2019 adalah pengukuhan yang ditunggu-tunggu di Unesa. Lantaran sudah dua tahun ini Unesa belum mengukuhkan guru besar, dan kali ini Unesa kembali mengukuhkan guru besarnya. 

"Sejak 2017 kita belum bisa menambah guru besar. Berdasarkan data kepegawaian, saat ini Unesa memiliki 59 guru besar. Saya berharap dan bermimpi Unesa akan dapat menambah jumlah guru besar, profesornya dari tahun ke tahun," tutur Nurhasan, Rabu (27/11/2019).

Ia menuturkan, bertambahnya tiga guru besar yang kebetulan berada di satu fakultas yang sama ini akan dapat mempercepat capaian Unesa di masa mendatang.

Ketiga guru besar yang dikukuhkan kemudian menyampaikan pidato ilmiahnya di hadapan tamu undangan. Erman dalam pidato ilmiahnya yang berjudul "Pembelajaran Berbasis Isu-Isu Makroskopik untuk Mencegah Salah Paham dan Promosi Literasi Sains" menyampaikan jika di era 4.0 ini sangat penting membekali siswa dalam mengolah informasi-informasi dari beragam sumber yang beredar di media sosial. 

Hal itu berkaitan dengan maraknya informasi sains yang sulit dipahami oleh masyarakat atau pemakai atau memang sengaja dibuat tanpa dasar (hoaks), sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang berbasis makroskopik guna meningkatkan literasi sains siswa, khususnya pada aspek kemampuan menjelaskan isu-isu sains yang tersebar di lingkungan sekitar.

"Saya membedakan pembelajaran sains menjadi dua bagian, yaitu pembelajaran berbasis teks (textual) dan pembelajaran berbasis konteks (kontekstual). Pembelajaran berbasis tekstual hanya membantu siswa memahami sains sesuai dengan apa yang dimaksud oleh buku acuan atau penjelasan guru, sementara pembelajaran kontekstual berperan penting dalam melatih siswa mengatasi masalah-masalah otentik dalam batas-batas kapasitas berpikirnya," tutur dia. 

Sementara itu, dalam pidato ilmiahnya yang berjudul "Berpikir Kreatif dan Pengajuan Masalah Matematika", Tatag berbicara terkait bagaimana matematika bisa dijadikan sebagai ilmu yang mendorong kreativitas siswa. 

Diketahui jika melimpahnya jumlah penduduk produktif di Indonesia pada abad ini mengharuskan adanya pembekalan kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir kreatif merupakan tingkat tertinggi pada hirarki berpikir logis. 

Berpikir kreatif juga merupakan tema besar pendidikan abad ke-21 yang mana peserta didik nantinya akan merumuskan suatu masalah, kemudian mendiskusikannya. Selanjutnya guru akan membantu merefleksikan aktivitas yang sudah terjadi. 

Pada tahap inilah peran guru tidak bisa dihilangkan, sehingga guru perlu diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui pengembangan profesionalisme guru.

"Tugas mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik tidak akan pernah selesai. Selama bumi masih dihuni manusia, dan manusia berusaha bertahan hidup dalam ekosistemnya, maka kemampuan berpikir kreatif masih tetap diperlukan," kata dia.

Selanjutnya

Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Berbeda dengan kedua profesor sebelumnya, Guru Besar Bidang Evaluasi Pendidikan IPA-Fisika Wasis dalam pidato ilmiahnya yang berjudul "Meaning Assesment dalam Pembelajaran IPA-Fisika" berupaya mengeksplorasi respons terhadap pertanyaan-pertanyaan terkait penilaian, khususnya pada pembelajaran IPA-Fisika. 

Dia menuturkan, penilaian dalam pembelajaran IPA-Fisika mestinya tidak hanya terfokus pada mengukur penguasaan konsep-konsep atau rumus-rumus Fisika saja, melainkan bagaimana menggunakan pengetahuan dan keterampilan bidang Fisika untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan nyata. 

Level pemahaman secara empiris terbukti "sehat" dan mampu bersaing secara internasional, tetapi penalaran dan penyelesaian masalah non rutin terdiagnosis ber"penyakit" dan obatnya adalah peningkatan kualitas pembelajaran di kelas disertai model penilaian yang bermakna.

"Perlu komitmen kita semua untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penilaian IPA-Fisika. Menurut kepemimpinan sejati, beda pemimpin dan pemimpi hanya satu huruf, yaitu huruf "n", dan huruf "n" tersebut ada dalam komitmen. Sebagus apa pun ide dan rencana, jika tanpa komitmen selamanya hanya akan menghasilkan pemimpin," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Skuter Listrik Bakal Terbit, Pengguna Tak Boleh Modifikasi

Posted: 26 Nov 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerbitkan aturan penggunaan skuter listrik. Dalam Surat Edaran tentang Kendaraan Bermotor dengan Kecepatan Rendah, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012, disebutkan beberapa aturan penggunaan kendaraan bermotor baik motor bakar maupun motor listrik.

Salah satu aturannya ialah pelarangan modifikasi daya skuter untuk menambah kecepatan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, penggunaan skuter listrik harus berada di kawasan yang sudah dilengkapi perlengkapan jalan.

"Seperti yang telah diatur Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta misalnya, skuter listrik dapat dioperasikan di jalur sepeda," ujar Budi mengutip dari keterangan resmi, Rabu (27/11/2019).

Budi juga membeberkan beberapa aturan bagi pengemudi skuter listrik, yaitu berusia minimal 17 tahun, wajib mengenakan helm berlogo SNI dan jika skuter hanya mampu menampung 1 orang, maka dilarang untuk membawa penumpang.

Sementara, aturan pengoperasian skuter listrik ini masih dalam proses. Skuter listrik sempat membuat heboh beberapa waktu lalu karena menelan korban.

Skuter Listrik GrabWheels Mati Otomatis Saat Lewati JPO

Pengguna jalan mengendarai otopet atau skuter listrik di Jakarta, Rabu (16/10/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan akan memasukkan skuter listrik ke dalam jenis kendaraan ramah lingkungan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs of Grab Indonesia menyampaikan akan ada teknologi baru di GrabWheels. Teknologi tersebut akan membuat GrabWheels mati otomatis ketika melewati Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dan dapat digunakan lagi setelah turun dari JPO.

Teknologi tersebut adalah salah satu upaya evaluasi pihak Grab agar lebih aman digunakan. Selain itu, Tri merangkum beberapa evaluasi ke dalam tiga poin antara lain educate more, equip more, dan enforce more

"Educate more berarti mengedukasi pengguna mengenai cara menggunakan skuter dengan benar," kata Tri dalam acara peresmian kerja sama Pemprov DKI Jakarta dan Grab untuk Program Peningkatan Mutu Jalur Sepeda bagi Alat Mobilitas Pribadi, Senin (18/11) di FX Sudirman, Jakarta Pusat.

Setiap skuter listrik GrabWheels akan dilengkapi dengan kartu informasi tentang perilaku berkendara yang aman. Info tersebut akan disebar di media sosial.  Edukasi juga akan diberikan kepada 300 mitra parkir yang bertanggung untuk mengawasi keamanan pengguna. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Rumah Kimberly Ryder di Inggris, Asri dan Minimalis

Posted: 26 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik Kimberly Ryder baru saja menyambut bahagia buah hati pertamanya bersama Edward Akbar. Kimberly melahirkan anak pertamanya yang diberi nama Rayden Starlight Akbar pada Selasa (19/11/2019) dini hari waktu setempat.

Sejak usia kandungan Kimberly Ryder memasuki trimester akhir, dirinya dan Edward Akbar memutuskan untuk menetap di Inggris. Tak heran jika aktris cantik kelahiran 6 Agustus 1993 ini melahirkan di negeri Ratu Elizabeth.

Menetap di Inggris, Kimberly Ryder dan Edward Akbar tinggal di sebuah rumah yang memiliki penampakan unik serta asri. Pasangan yang menikah pada 26 Agustus 2018 ini pun kini tengah menikmati momen merawat buah hati mereka di rumah. Suasana di sekitar rumah yang serba hijau dan udara yang masih segar pun mencuri perhatian.

Penasaran seperti apa penampakannya? Berikut ini 6 potret rumah Kimberly Ryder di Inggris yang asri dan minimalis dirangkum dari YouTube Edward Kimberly, Rabu (27/11/2019). 

1. Rumah Kimberly dan Edward memiliki desain tembok batu bata.

Penampakan asri rumah Kimberly Ryder di Inggris yang bergaya minimalis dan nyaman. (Sumber: YouTube/Edward Kimberly)

2. Pada sisi dalamnya, rumah ini mengusung konsep minimalis modern.

Penampakan asri rumah Kimberly Ryder di Inggris yang bergaya minimalis dan nyaman. (Sumber: YouTube/Edward Kimberly)

3. Meski minimalis, rumah pasangan ini tampak nyaman.

Penampakan asri rumah Kimberly Ryder di Inggris yang bergaya minimalis dan nyaman. (Sumber: YouTube/Edward Kimberly)

4. Bahkan rumah KImberly di Inggris memiliki pemandangan rumput hijau yang menambah nuansa asri.

Penampakan asri rumah Kimberly Ryder di Inggris yang bergaya minimalis dan nyaman. (Sumber: YouTube/Edward Kimberly)

5. Suasana rumahnya asri dan memiliki udara yang segar.

Penampakan asri rumah Kimberly Ryder di Inggris yang bergaya minimalis dan nyaman. (Sumber: YouTube/Edward Kimberly)

6. Ini momen ketika Edward Akbar sedang menggendong baby Rayden yang tertidur di kursi.

Penampakan asri rumah Kimberly Ryder di Inggris yang bergaya minimalis dan nyaman. (Sumber: YouTube/Edward Kimberly)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Wakil Komisaris Utama Pertamina, Ini Terobosan Budi Gunadi Sadikin

Posted: 26 Nov 2019 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Budi Gunadi Sadikin yang juga menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), mengaku telah memiliki sejumlah trobosan baru untuk membenahi sistem bisnis di Pertamina. Salah satunya yakni akan mengubah pola bisnis dari yang sebelumnya bergantung pada energi fosil, menuju ke arah energi ramah lingkungan.

"Saya masih baru jadi wakil komisaris utama. Ya mungkin harus diubah dikit energi sistem dari sisi production dan distribution. Sistem berubah, Jadi source primary energy dulu sebagian besar fossil, sekarang diganti dengan other source," ujarnya dalam Pertamina Energy Forum 2019, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Budi menjelaskan, salah satu energi ramah lingkungan yang akan dijalankan Pertamina ke dapan yaitu energi tenaga surya atau solar energy.

"Feeling aku mungkin dibuat telekomunikasi, kita mau bikin power plant yang besar, efisien, kemudian tarik kabel dari seluruh pulau Indonesia. Mungkin lebih make sense bikin solar panel lah di pulau-pulau terpencil. Kan solar malem enggak bisa kelihatan mungkin tambah baterai," jelas dia.

Selain itu, lewat tangan dinginnya dirinya juga akan mengembangkan bisnis energi biomassa di Pertamina. Menurutnya, Indonesia bisa menghasilkan energi biomassa dari sampah, tumbuhan, dan hutan tropis.

"Mungkin yang lebih efisien adalah produksi daribelektrifikasi using biomass. karena locally available. Tiap hari bikin sampah juga kenapa ennga dipake. kita tropical forest, dimana pohon tumbuh cepet, daun gugur cepat. Itu kan bisa dimasukin," ucap dia.

"Yang penting mastikan energy system yang baru ini atau ke depan bisa berikan dampak semaksimal mungkin ke masyarakat. Jadi sistem baru bisa jalanin dengan baik," tutupnya.

Reporter: Dwi Aditya PutraMerdeka.com

Temani Ahok, Wamen BUMN Budi Gunadi Jadi Wakil Komut Pertamina

Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama INALUM menyampaikan arahan pada pembukaan TIS (Technology Improvement Seminar) ke-19 di Tanjung Gading (11/12).

Menteri BUMN Erick Thohir resmi umumkan penugasan wakil menterinya, Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina menemani Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Hal ini disampaikannya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/11/2019).

"InsyaAllah sudah putus dari beliau (Presiden), Pak Basuki (Ahok) akan jadi Komisaris Utama Pertamina. Akan didampingi Pak Wamen Budi Sadikin jadi Wakil Komisaris Utama," tutur Erick kepada awak media.

Begitupun dengan Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini yang ditugaskan menjadi Direktur Keuangan Pertamina. 

Nantinya, penugasan Ahok dan Budi Gunadi Sadikin akan dimulai secepatnya, bisa Jumat ini atau Senin (25/11/2019).

"Kalau Pertamina kan bukan Tbk jadi bisa segera proses, hari ini atau Senin," imbuh Erick.

Ke depannya, untuk menyatukan visi dan misi, Erick juga akan mengajak seluruh Direktur Utama dan Komisaris Utama dalam rapat bulanan BUMN agar tidak ada direksi atau komisaris yang saling salah paham.

"Sehingga kalau ada yang beda, ayo kita bicarakan, kita duduk," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Beri Sinyal Hentikan Laporan Dewi Tanjung Terhadap Novel Baswedan

Posted: 26 Nov 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -a Penyidik Polda Metro Jaya masih menyelidiki laporan politikus PDIP Dewi Ambarwati alias Dewi Tanjung terhadap Novel Baswedan. Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu dilaporkan atas tuduhan merekayasa teror penyerangan air keras.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan mengatakan, tak menutup kemungkinan pengusutan laporan Dewi Tanjung dihentikan jika penyidik tak menemukan cukup bukti.

"Kalau penyelidikan atau penyidikan kita dapat bahwa benar ada luka, dan tidak ada rekayasa, mungkin kasusnya (laporan Dewi Tanjung) akan dihentikan," ujar Iwan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Iwan menyebut, yang dilaporkan Dewi Tanjung adalah terkait dugaan Novel Baswedan merekayasa kasus teror air keras. Dewi Tanjung meragukan Novel terkena air keras di bagian matanya.

"Namanya masyarakat, siapapun melapor harus kita terima. Kemudian kita lakukan pengkajian. Kan yang dilaporkan adalah masalah rekayasa," ucap mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan itu.

 

Tak Sulit Membuktikan Laporan Dewi

Dir ResKrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Iwan Kurniawan. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Perwira menengah itu menjelaskan, sebenarnya untuk membuktikan pelaporan terhadap Dewi Tanjung tidak terlalu sulit. Apalagi kasus penyerangan air keras terhadap Novel Baswedan sudah lama ditangani Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Saya pikir saya tidak perlu lagi melakukan penyelidikan ulang. Saya tinggal berkoordinasi saja dengan teman-teman Ditkrimum bagaimana perkembangan hasil penyelidikan mereka terkait dengan yang dianggap rekayasa itu," kata Iwan.

Iwan menyatakan, pihaknya segera menyurati Dirkrimum Polda Metro Jaya untuk meminta dokumen yang dibutuhkan.

"Teman-teman Ditkrimum punya datanya semua bahwa hasil visum, hasil pemeriksaan dokter, apa, semua ada," katanya memungkasi.

Laporan Dewi Tanjung

Caleg PDIP Dewi Tanjung bersama beberapa orang kuasa hukum kembali membuat laporan atas dugaan makar. (Merdeka/Ronald)

Dewi Tanjung melaporkan penyidik senior KPK Novel Baswedan terkait dugaan rekayasa teror air keras. Dia meragukan kebenaran penyerangan air keras dan luka-luka yang dialami Novel.

"Ada beberapa hal yang janggal dari semua hal yang dialami dari rekaman CCTV dia dari bentuk luka, dari perban, kepala yang diperban tapi tiba-tiba mata yang buta gitu kan," kata Dewi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu 6 November 2019.

Dewi menduga Novel hanya berpura-pura saat terkena air keras. "Saya orang seni, saya juga biasa beradegan. Orang kalau sakit itu tersiram air panas reaksinya tidak berdiri, tapi akan terduduk jatuh terguling-guling. Itu yang saya pelajari, dan tidak ada reaksi dia membawa air untuk disiramkan," kata Dewi.

Dewi melaporkan Novel dengan Pasal tentang penyebaran berita bohong melalui media elektronik. Laporan polisi itu tertuang pada nomor LP/7171/XI/2019/PMJ/Dit. Krimsus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Fitur Baru di Firefox Lite Versi Teraktual

Posted: 26 Nov 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mozilla baru saja merilis Firefox Lite versi teraktual dengan menawarkan tiga fitur baru, yakni Smart Shopping, Games, dan News.

Bertempat di kawasan SCBD, Jakarta, Stan Leong, Vice President & General Manager, Emerging Markets di Mozilla, pada hari ini (27/11/2019) menjelaskan ketiga fitur di Firefox Lite tersebut.

"Di dunia, Indonesia merupakan negara yang menduduki urutan ketujuh dengan pengguna Firefox terbanyak dan di Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi pertama," ujar Stan.

Untuk fitur pertama, Firefox Lite menawarkan perbandingan harga dan spesifikasi produk dari berbagai layanan e-commerce.

Fitur ini akan memudahkan mereka yang biasa berbelanja online untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Selanjutnya, tersedia lebih dari seratus gim instan di Firefox Lite. "Pengguna dapat membuat jalan pintas di layar untuk mengakses gim-gim tersebut," tutur Stan.

Terakhir, dengan fitur News, pengguna dapat membaca berita terkurasi langsung dari Firefox Lite.

 

Kiprah Tim Firefox

"Data internal kami menunjukkan lebih dari enam puluh persen pengguna menginginkan konten di Firefox Lite," tutup Stan.

"Dengan popularitas mobile gaming, online shopping, dan konsumsi artikel berita yang tinggi di Indonesia, kami senang memperkenalkan Firefox Lite untuk memenuhi kebutuhan pengguna kami."

Di Firefox Lite versi teraktual, pengguna juga dapat berselancar dengan fitur Turbo Mode, Advanced Private Browsing, dan Night Mode.

Untuk diketahui, Mozilla masuk ke Indonesia pada 2004. Pada saat itu Mozilla di Indonesia berawal dari sejumlah relawan dan kini organisasi nirlaba tersebut memiliki kantor perwakilan di Indonesia dan secara rutin menggelar pertemuan dengan komunitas.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Belasan Peti Jenazah Kasus Truk Inggris Tiba di Vietnam

Posted: 26 Nov 2019 09:40 PM PST

Pesawat Vietnam Airlines berisi belasan jenazah yang ditemukan tewas dalam truk kontainer di Inggris, tiba di bandara internasional Noi Bai, Hanoi, Rabu (27/11/2019). Begitu tiba di Vietnam, sebanyak 16 dari 39 jenazah dibawa ke kampung halaman mereka masing-masing dengan ambulans. (Nhac NGUYEN/AFP)

Pesawat Vietnam Airlines berisi belasan jenazah yang ditemukan tewas dalam truk kontainer di Inggris, tiba di bandara internasional Noi Bai, Hanoi, Rabu (27/11/2019). Begitu tiba di Vietnam, sebanyak 16 dari 39 jenazah dibawa ke kampung halaman mereka masing-masing dengan ambulans. (Nhac NGUYEN/AFP)

Petugas memasukkan peti mati berisi jenazah yang ditemukan tewas dalam truk kontainer di Inggris ke dalam ambulans setibanya di bandara internasional Noi Bai, Hanoi, Rabu (27/11/2019). Sebanyak 16 dari 39 jenazah telah tiba di Vietnam untuk dibawa ke kampung halaman masing-masing. (Nhac NGUYEN/AFP)

Petugas memasukkan peti mati berisi jenazah yang ditemukan tewas dalam truk kontainer di Inggris ke dalam ambulans setibanya di bandara internasional Noi Bai, Hanoi, Rabu (27/11/2019). Sebanyak 16 dari 39 jenazah telah tiba di Vietnam untuk dibawa ke kampung halaman masing-masing. (Nhac NGUYEN/AFP)

Ambulans yang membawa belasan jenazah yang ditemukan tewas dalam truk kontainer di Inggris, meninggalkan bandara internasional Noi Bai, Hanoi, Rabu (27/11/2019). Begitu tiba di Vietnam, sebanyak 16 dari 39 jenazah dibawa ke kampung halaman mereka masing-masing dengan ambulans. (Nhac NGUYEN/AFP)

Ambulans yang membawa belasan jenazah yang ditemukan tewas dalam truk kontainer di Inggris, meninggalkan bandara internasional Noi Bai, Hanoi, Rabu (27/11/2019). Begitu tiba di Vietnam, sebanyak 16 dari 39 jenazah dibawa ke kampung halaman mereka masing-masing dengan ambulans. (Nhac NGUYEN/AFP)

Ambulans yang membawa belasan jenazah yang ditemukan tewas dalam truk kontainer di Inggris, meninggalkan bandara internasional Noi Bai, Hanoi, Rabu (27/11/2019). Begitu tiba di Vietnam, sebanyak 16 dari 39 jenazah dibawa ke kampung halaman mereka masing-masing dengan ambulans. (Nhac NGUYEN/AFP)

Ambulans yang membawa belasan jenazah yang ditemukan tewas dalam truk kontainer di Inggris, meninggalkan bandara internasional Noi Bai, Hanoi, Rabu (27/11/2019). Begitu tiba di Vietnam, sebanyak 16 dari 39 jenazah dibawa ke kampung halaman mereka masing-masing dengan ambulans. (Nhac NGUYEN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harga Ditaksir Rp 100 Miliar

Posted: 26 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia, nama Sandiaga Uno bukan nama asing lagi. Semenjak memutuskan terjun ke dunia politik, nama Sandiaga Uno selalu menjadi pusat perhatian masyarakat. Mulai dari menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi calon Wakil Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2019 berpasangan dengan Prabowo Subianto. 

Sebagai politikus dan pengusaha, Sandiaga Uno memiliki kekayaan melimpah. Hal tersebut terbukti dari hunian megahnya di Jakarta. Rumah pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini memiliki luas 1300 meter persegi. Rumah ini bahkan ditaksir harganya sekitar Rp 100 Miliar.

Melalui video berjudul LIAT RUMAH 100M Sandi Uno yang diunggah channel YouTube Atta Halilintar pada Senin, 25 November 2019, Sandi memperlihatkan beberapa ruangan di rumahnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube Atta Halilintar, potret isi rumah Sandiaga Uno, Rabu (27/11/2019).

Gerbang Rumah dan Bagian Depan

1. Gerbang rumah

Rumah Sandiaga Uno sangat besar dan megah. Hal tersebut sudah terlihat dari penampakan dari gerbang rumah ayah tiga anak ini. Di gerbang rumah Sandi terdapat juga beberapa pohon palem yang rindang dan asri.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

2. Depan rumah

Kesan megah dari rumah Sandiaga Uno langsung terasa ketika masuk dari gerbang. Rumah yang ditaksir harganya Rp 100 Miliar ini bergaya elegan dengan warna putih krem. Rumah ini sudah ditempati keluarga Sandiaga Uno sejak 15 tahun yang lalu.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

Ruang Keluarga dan Ruang Santai

3. Ruang Notuna

Dari pintu depan langsung mengarah ke ruang notuna. Ruang notuna merupakan ruang santai yang terdapat banyak sofa dan lukisan. Menurut Sandi, lukisan pada ruang ini kebanyakan berasal dari produk lokal. Lukisan favorit mantan cawapres Pemilu 2019 ini adalah lukisan masjid Nabawi.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

4. Ruang Keluarga

Dari ruang Notuna langsung menuju ke ruang keluarga. Ruang keluarga ini sangat nyaman sekali. Ruangan ini dipakai oleh keluarga Sandi untuk menunggu tamu-tamu besar hingga untuk menjamu sanak saudara.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

Ruang Belajar Sulaiman dan Ruang Tamu Formal

5. Ruang Belajar Sulaiman

Sandiaga Uno memiliki 3 orang anak bernama Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno dan Sulaiman Saladdin Uno. Dari ketiga anaknya, kini hanya Sulaiman yang tinggal bersama Sandi dan Noor Asiah. Anneesha dan Amyra sedang menempuh pendidikan di luar negeri.

Ruangan ini awalnya kamar tidur Sulaiman. Namun semakin berjalannya waktu, Sulaiman lebih sering tidur di kamar bagian atas. Sehingga ruangan ini pun diubah menjadi ruang khusus belajar.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

6. Ruang Tamu Formal

Rumah Sandiaga Uno juga terdapat ruang khusus untuk menjamu tamu-tamu besar. Ruangan tamu formal ini dipakai untuk makan bersama tamu-tamunya seperti Prabowo Subianto dan para rekan bisnisnya.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

Pantry dan Ruang Sarapan

7. Pantry

Dari ruang tamu formal, langsung mengarah ke pantry. Pantry ini merupakan ruangan yang lebih santai dibanding ruang tamu formal. Menurut Sandi, ruang pantry sering dipakainya berdiskusi dengan sahabat maupun rekan milenial yang berkunjung ke rumahnya.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

8. Ruang Sarapan

Rumah yang memiliki luas 1300 meter persegi ini juga dilengkapi ruang khusus sarapan. Setiap pagi bersama istri, Noor Asiah dan Sulaiman, Sandi menikmati suasana pagi dengan sarapan di ruangan ini.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

Ruang Gym dan Kolam Renang

9. Ruang Gym

Dekat dengan ruang sarapan, ada ruang gym. Di sana terdapat treadmill dan berbagai alat kebugaran lainnya. Di ruang tersebut, Sandi tak ragu mempraktikkan gerakan olahraganya. Selain alat kebugaran, terdapat juga drum kecil yang kerap dimainkan Sulaiman.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

10. Kolam Renang

Rumah Sandiaga Uno dilengkapi dengan kolam renang. Sandi menuturkan kolam renang sering dipakai Sulaiman. Bila diperhatikan, pemandangan kolam renang tampak asri dengan adanya beberapa tanaman di sekitar kolam renang.

10 Potret Isi Rumah Megah Sandiaga Uno, Harganya Ditaksir Rp 100 Miliar (sumber: YouTube Atta Halilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games Manila, Siaran Langsung Televisi

Posted: 26 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manila - Setelah menang 2-0 atas Thailand, Timnas Indonesia U-22 tidak boleh terlena. Garuda Muda bakal menghadapi Singapura di laga kedua Grup B.

Pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Singapura bakal berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Kamis (28/11/2019). Di laga ini, Garuda Muda lebih diunggulkan.

Sebab, pada laga pertama SEA Games Grup B, Singapura tidak bisa mengalahkan salah satu tim kuda hitam, Laos. Pertandingan itu berakhir imbang tanpa gol.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri tentunya tidak mau memandang remeh Singapura. Namun demikian, dia senang Egy Maulana dan kawan-kawan meraih kemenangan perdana di Grup B.

"Alhamdulilah bersyukur bisa menang melawan Thailand. Kemenangan di laga perdana sangat penting untuk modal melakoni laga-laga selanjutnya," kata Indra Sjafri.

Lihat jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Singapura di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Timnas Indonesia U-22

28 November 2019

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Singapura (Stadion Rizal Memorial), RCTI dan TVRI

1 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia U-22 (Stadion Rizal Memorial), RCTI dan TVRI

 

Jadwal Lainnya

3 Desember 2019

Jam 19.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam (Stadion Binan), RCTI dan TVRI

5 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Laos (Stadion Rizal Memorial), RCTI dan TVRI 

Klasemen Grup G

Sea Games 2019 - Klasemen Sepak Bola - Matchday 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Saksikan Video Sepak Bola SEA Games di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agnez Mo Banjir Hujatan, Anji: Nonton Video Jangan Setengah-Setengah

Posted: 26 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Agnez Mo baru-baru ini menjadi bahan perbincangan warganet. Gara-garanya adalah sebuah video wawancara yang dilakukannya dengan Build Series di Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Dalam wawancara tersebut, Agnez Mo mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki darah Indonesia. Potongan video tersebut kemudian viral di media sosial.

Banyak yang menganggap Agnez Mo tidak sepatutnya berbicara seperti itu. Namun di tengah banyaknya komentar negatif, tak sedikit pula yang mendukung Agnez Mo.

Salah satunya adalah Anji. Anji bahkan berbalas pesan langsung dengan Agnez Mo lewat Instagram.

Tak Asal Menyimpulkan

Dalam penampilan di acara HUT SCTV ke-25 nanti, penyanyi yang akrab dengan sapaan Agnez Mo akan menjadi pengisi acara spesial bersama komposer Erwin Gutawa. (Galih W. Satria/Bintang.com)

"APA KATA @agnezmo, tentang keriuhan di media sosial terkait dengan pernyataannya dalam sebuah wawancara. Dalam perjalanan menuju Bandara, terlibat pembicaraan di DM. Lalu dia tidak keberatan jika saya publish pernyataannya ke media sosial," tulis Anji pada Rabu (27/11/2019).

Anji mengimbau kepada masyarakat untuk tidak asal mengambil kesimpulan dari potongan video tersebut.

Jangan Setengah-Setengah

Agnez Mo melontarkan pernyataan kontroversial saat tampil di Build Series pada 22 November 2019. (dok. Youtube Build Series/Dinny Mutiah)

"Mengaku tidak memiliki darah Indonesia, bukan berarti tidak cinta Indonesia atau tidak bangga pada Indonesia. Nonton videonya jangan setengah-setengah. Apalagi membuat postingan yang memprovokasi," lanjut Anji.

"Hati kita tidak bersudut. Jangan mudah tersulut.I stand with you, @agnezmo," tulisnya lagi.

Dukungan Lain

Unggahan tersebut pun mendapat dukungan lain dari masyarakat dan kalangan artis. Salah satunya adalah Heruwa, vokalis Shaggydog, dan Nanda Persada.

Jalan Terus

"No worries @agnezmo, jalan terus. Thanks for sharing mas @duniamanji," tulis Heruwa.

"Saya percaya @agnezmo cinta INDONESIA, titik!! #goAgnezMo," timpal Nanda Persada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BMKG Pasang Pendeteksi Gempa di Majalengka

Posted: 26 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BMKG memasang alat pendeteksi gempa di Majalengka sebagai antisipasi bahaya bencana gempa bumi. Total puluhan alat pendeteksi sudah terpasang di wilayah Jawa Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uni Eropa Laporkan RI ke WTO karena Batasi Ekspor Nikel, Ini Respons Kemlu

Posted: 26 Nov 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Brussels / Jakarta - Uni Eropa, pada 22 November 2019, resmi mengajukan keluhan kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) perihal pembatasan Indonesia pada ekspor nikel, bijih besi, dan kromium yang digunakan sebagai bahan baku industri baja nirkarat (stainless steel) Eropa.

Dikutip dari US News pada Rabu (27/11/2019), UE menuduh bahwa pembatasan itu dirancang Indonesia untuk menguntungkan industri peleburan dan baja nirkarat sendiri.

Komisi Eropa, yang mengoordinasikan kebijakan perdagangan di Uni Eropa mengatakan, tidak adil bahwa akses produsen UE terhadap komoditas tersebut menjadi dibatasi.

Keluhan Komisi mengatakan langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari rencana untuk mengembangkan industri baja nirkarat Indonesia. Negara ini adalah penambang bijih nikel terbesar di dunia dan akan melarang ekspor selama dua tahun mulai tahun 2020.

Namun China, produsen baja nirkarat terbesar di dunia, telah menimbun bijih nikel menjelang larangan pengiriman dari Indonesia.

Komisaris Perdagangan Uni Eropa Cecilia Malmstrom mengatakan langkah-langkah Indonesia memicu beban lebih lanjut di sektor baja UE yang sudah berjuang menghadapi risiko.

"Terlepas dari upaya bersama kami, Indonesia telah mempertahankan langkah-langkah dan bahkan mengumumkan larangan ekspor baru untuk Januari 2020," katanya dalam sebuah pernyataan.

UE juga menentang skema yang membebaskan produsen Indonesia dari bea impor tertentu untuk meningkatkan atau membangun pabrik baru, selama mesin dan peralatan lokal membuat 30% konten. UE melihat ini sebagai subsidi ilegal.

Proses di WTO dimulai dengan periode 60 hari untuk konsultasi antara para pihak untuk menyelesaikan perselisihan. Pihak pengadu kemudian dapat meminta panel tiga orang untuk memberikan putusan. Putusan itu biasanya akan rampung setidaknya satu tahun lagi.

Indonesia telah menjadi eksportir baja nirkarat terbesar kedua dan pangsa pasar Uni Eropa meningkat dari hampir nol pada 2017 menjadi 18% pada kuartal kedua tahun ini, kata asosiasi baja Eropa, Eurofer.

Namun Eurofer menambahkan, metode pembuatan yang digunakan di Indonesia menghasilkan karbon dioksida hingga tujuh kali lebih banyak daripada proses yang digunakan di Eropa.

Tanggapan Indonesia

Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI (Liputan6.com / Gempur M Surya)

Pemerintah Indonesia mengafirmasi gugatan yang dilakukan Uni Eropa.

"Ya kita memahami gugatan itu dan Perwakilan Tetap RI untuk WTO di Jenewa akan menyiapkan langkah-langkah tanggapan," kata Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar pada sela-sela agenda di Jakarta, 25 November 2019.

Sementara itu, Kantor Perwakilan Tetap RI untuk WTO di Jenewa (PTRI Jenewa) turut mengafirmasi gugatan, menambahkan bahwa langkah itu merupakan alur awal yang dilakukan UE untuk berkonsultasi perihal keluhannya dengan Indonesia di bawah payung mekanisme penyelesaian sengketa dagang WTO.

"Pada tanggal 22 November 2019, Wakil Tetap Uni Eropa (UE) di Jenewa telah mengirimkan surat kepada Wakil Tetap RI di Jenewa yang secara resmi menyampaikan bahwa UE akan mengajukan sengketa kepada Indonesia di WTO, dan menyampaikan permintaan melakukan konsultasi. Konsultasi merupakan langkah awal dalam suatu proses penyelesaian sengketa WTO," kata Watap RI untuk WTO di Jenewa, Duta Besar Hassan Kleib dalam pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Rabu (27/11/2019).

Selain mengadukan soal pembatasan ekspor nikel, bijih besi, dan kromium yang digunakan sebagai bahan baku industri baja nirkarat (stainless steel) Eropa, UE juga mengadukan perihal:

Insentif fiskal terhadap beberapa perusahaan baru atau yang melakukan pembaruan pabrik; dan skema bebas pajak terhadap perusahaan yang memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Organisasi multilateral Benua Biru itu mengklaim bahwa kebijakan tersebut melanggar:

  • Pasal XI.1 GATT mengenai larangan pembatasan ekspor dan impor
  • Pasal 3.1(b) Agreement on Subsidy and Countervailing Measures mengenai subsidi yang dilarang,
  • Pasal X.1 GATT mengenai pelanggaran kewajiban transparansi peraturan.

"Sebagai tahap pertama, Indonesia harus menjawab surat UE dalam waktu 10 hari yang isinya bersedia atau tidak bersedia melakukan konsultasi."

"Apabila bersedia, konsultasi harus dilakukan dalam jangka waktu 30 hari sejak diterimanya surat tersebut, atau waktu lain sesuai kesepakatan."

"Apabila Indonesia tidak bersedia untuk konsultasi, maka UE berhak langsung meminta pembentukan panel sengketa WTO."

"Jika disepakati untuk adakan konsultasi, maka Indonesia dan UE perlu menyepakati tempat, waktu, dan format pelaksanaan konsultasi tersebut," tutup Kleib.

Namun, Kleib mengatakan bahwa keputusan untuk menyepakati atau tidaknya tawaran konsultasi dari Uni Eropa "masih menunggu arahan dari Pusat (Jakarta), tentunya sebagaimana lazimnya kita terima tawaran UE untuk konsultasi dengan waktu, tempat dan format yg akan kita sepakati bersama."

"Dan, sebagaimana proses penyelesaian sengketa di WTO, jika tawaran konsultasi ditolak, maka EU berhak untuk langsung meminta pembentukan Panel WTO," tutupnya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunakan Jasa Perantara Saat Menjual Rumah, Ini Alasannya

Posted: 26 Nov 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keuntungan seringkali menjadi salah satu pertimbangan utama saat menjual rumah. Untuk penjualan properti pribadi, setidaknya, keuntungan tersebut dapat membantunya mendapatkan hunian baru.

Seringkali saat hendak menjual rumah, banyak pemilik yang enggan menggunakan jasa agen penjualan. Alasannya sederhana, sebagian besar merasa rugi membagi sebagian kecil hasil penjualan rumah sebagai komisi nantinya.

Meski demikian, para agen penjualan rumah ternyata beberapa kali terbukti menunjukkan kehandalannya dalam melakukan negosiasi.

Berikut empat alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan jasa perantara saat menjual rumah seperti dilansir dari laman Lifehack.org, Rabu (27/11/2019):

1. Anda tak mendapat harga jual yang sesuai

Banyak sekali pemilik rumah yang memutuskan mejual tanpa perantara tertipu lantaran rendahnya pengetahuan standar harga penjualan. Ingat, meski Anda mengetahui harga beli rumah tersebut tapi belum tentu Anda memahami nilainya saat ini.

Berbeda dengan para agen penjualan yang setiap hari berurusan dengan jual beli rumah. Dirinya akan dengan mudah mengetahui nilai sebuah rumah bahkan untuk yang telah lama dihuni sekalipun.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan harga jual yang layak, pastikan gunakan jasa agen penjualan rumah.

2. Pemasaran Anda kurang meluas

Memasang tanda rumah dijual di halaman saja ternyata tidak cukup untuk membuat orang tahu Anda sedang menjual properti. Hanya memasang tanda penjualan saja berarti memperkecil peluang terjualnya rumah.

Yang tidak disadari para pemilik rumah adalah berapa banyak pembeli yang melihat tanda tersebut. Pembeli yang memang serius, siap, berminat dan mampu membayar. Tapi bisa dipastikan, hanya sedikit orang yang melihat tanda di depan rumah Anda.

Lebih baik gunakan jasa perantara yang siap menghadapi berbagai tipe calon pembeli.

 

3. Anda tidak berpengalaman

 

Berapa kali Anda bernegosiasi hingga mencapai harga jual? Pasti jumlahnya kurang dari lima kali.

Suka atau tidak suka, kebanyakan agen properti mengantongi lebih banyak pengalaman di industri tersebut. Jauh lebih banyak dari yang Anda miliki.

Itu lantaran para agen real estate secara konsisten mendidik dan melatih dirinya agar lebih baik dalam melakukan pekerjaannya. Mereka bekerja keras dalam bernegosiasi dan mendapatkan harga layak bagi si penjual serta pembeli.

4. Lebih lama laku

Dengan pemasaran yang kurang luas serta pengalaman yang minim, tentu akan butuh waktu lama untuk mendapatkan pembeli serius. Jika Anda menganggap waktu sangat berharga, sebaiknya gunakan jasa perantara yang akan bersungguh-sungguh mencari pembeli untuk Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciputra Akan Dikebumikan di Jonggol, Bogor

Posted: 26 Nov 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019) dini hari. Rencananya, almarhum akan dikebumikan di pemakaman keluarga di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor.

""Disemayamkan di sini (di rumah duka, Jakarta), nanti dimakamkan di Citra Indah Jonggol. Di pemakaman keluarga. Itu di Jonggol, di Citra Indah Jonggol," ujar Bani, sopir keluarga Ciputra kepada Liputan6.com saat ditemui di dekat rumah duka, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Sebagai informasi, posisi rumah duka terletak di kawasan Bukit Golf Pondok Indah, Jakarta Selatan. Selain almarhum, kediaman anak-anaknya juga berdiri mengelilingi rumah duka.

Bani mengatakan, dirinya memang diberi titah oleh keluarga untuk menginformasikan bahwa jenazah saat ini belum datang di rumah duka. Begitu juga dengan mayoritas keluarga yang masih mengurusi proses pemulangan Ciputra ke Indonesia.

"Sekarang masih di Singapura untuk pengurusan surat-surat. Kan, prosedur dari Singapura enggak bisa langsung dibawa. Kan, harus ke KBRI dulu, ke kedutaan," jelas dia.

Meski belum tiba di Tanah Air, deretan karangan bunga tanda dukacita telah datang di kediaman Ciputra. Seperti dari Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Bank Mandiri.

Lebih lanjut, Bani mengabarkan, jenazah Ciputra akan tiba di rumah duka di Jakarta paling cepat Kamis besok. Namun demikian, ia belum tahu kapan waktu pastinya.

"Kita belum tahu (kapan waktu pasti jenazah tiba di rumah duka). Belum tahu pasti kita, cuman informasi aja, paling cepat besok," ujar dia.

Kisah Ciputra, Bangun Gurita Bisnis Hanya dari Duit Rp 10 Juta

Pengusaha sukses di Tanah Air, Ciputra , mengembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (27/11/2019) di Singapura. Kisah sukses pengusaha properti ini menarik untuk disimak.

Memanfaatkan modal awal sebesar Rp 10 juta, Ciputra berhasil mengembangkan usahanya dengan total aset PT Ciputra Development mencapai puluhan triliun rupiah.

Mengutip berbagai sumber, Ciputra lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, pada 24 Agustus 1931. Kesuksesannya membangun bisnis berjalan puluhan tahun. Terutama di bidang properti. Sebut saja Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group adalah gurita bisnis yang hasil karya bangunannnya bisa ditemui di Indonesia.

Ciputra sudah merasakan kesulitan dan kepahitan hidup sejak kecil. Salah satunya, kehilangan bapaknya, Tjie Siem Poe, pada tahun 1944. Ini yang menjadi pemecutnya untuk bangkit. 

Ketika remaja ia bersekolah di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Frater Don Bosco di Manado, Sulawesi Utara.

Usai tamat sekolah, dia memutuskan pergi dan menuju Jawa. Dia pun berkuliah di Institut Teknologi Bandung. Di sini, awal mula dia mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi.

Setelah menyelesaikan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung dan meraih gelar insinyur pada 1960, ia pindah ke Jakarta.

Dia memulai kariernya di Jaya Group, perusahaan daerah milik Pemda DKI. Di sana, dia menjabat sebagai direksi sampai usia 65 tahun, dan setelah itu sebagai penasihat. 

Kemudian bersama dengan Sudono Salim (Liem Soe Liong), Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad, Ciputra mendirikan Metropolitan Group, yang membangun perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai.

Pada masa itu, Ciputra duduk sebagai direktur utama di Jaya Group dan di Metropolitan Group sebagai presiden komisaris. Akhirnya Ciputra mendirikan grup perusahaan keluarga, Ciputra Group.

Pada tahun 1997 terjadilah krisis ekonomi dan berdampak ke bisnis Ciputra. Namun, dia mampu bangkit dan membawa perusahaannya berekspansi ke dalam dan ke luar negeri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 6 Momen Manis Citra Kirana dan Ibunda

Posted: 26 Nov 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Langkah Citra Kirana dan Rezky Aditya untuk meresmikan hubungan mereka tampaknya semakin dekat. Serangkaian acara pun Citra Kirana lakukan, yang terbaru ialah siraman. Acara prosesi siraman tersebut digelar pada Selasa (26/11/2019). Momen siraman ini dihadiri oleh keluarga Citra Kirana dan Rezky Aditya. 

Sebelum siraman, diketahui keluarga Citra Kirana menggelar acara pengajian sekaligus memohon doa restu pada keluarga besarnya. Momen inipun berlangsung begitu haru lantaran wanita yang akrab disapa Ciki ini meneteskan air mata kala meminta restu pada ibunda. 

Ya, wanita kelahiran Bogor ini memang dikenal dekat dengan kedua orangtuanya, termasuk sang ibunda. Dalam beberapa kesempatan, pemain sinetron Tukang Bubur Naik Haji ini mengunggah momen manisnya bersama ibunda. Dari ibadah ke Tanah Suci, pergi berlibur hingga detik-detik menjelang pernikahan. 

Terlihat sekali, wanita 25 tahun ini begitu dekat dengan sang ibu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen manis Citra Kirana dan ibunda yang penuh kehangatan, Rabu (27/11/2019).

1. Menjelang hari pernikahannya, Citra Kirana meminta doa restu pada ibunda. Ia terlihat meneteskan air mata saat memeluk ibunya.

Citra Kirana dan Ibunda (Sumber: Instagram//citraciki//yanny_christiany/)

2. Meski sudah menjadi seleb terkenal, wanita kelahiran Bogor ini selalu menyempatkan waktu dengan ibunya.

Citra Kirana dan Ibunda (Sumber: Instagram//citraciki//yanny_christiany/)

3. Saat sang ibu berulang tahun, wanita yang akrab disapa Ciki ini tak pernah lupa memberikan selamat di media sosial.

Citra Kirana dan Ibunda (Sumber: Instagram//citraciki//yanny_christiany/)

4. Momen manis Citra Kirana dan ibunda saat ibadah di Tanah Suci. Kompak ya!

Citra Kirana dan Ibunda (Sumber: Instagram//citraciki//yanny_christiany/)

5. Kekasih Rezky Aditya ini juga sering mengajak ibunda untuk pergi berlibur. Salah satunya di Istanbul, Turki.

Citra Kirana dan Ibunda (Sumber: Instagram//citraciki//yanny_christiany/)

6. Potret selfie Citra Kirana dan ibu saat Idul Fitri Juni lalu. Wajah cantik Citra Kirana menurun dari ibunya ya!

Citra Kirana dan Ibunda (Sumber: Instagram//citraciki//yanny_christiany/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wamen BUMN: Warga Indonesia Belum Sepenuhnya Bisa Akses Energi

Posted: 26 Nov 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Budi Gunawan Sadikin, meminta seluruh kementerian lembaga yang bergerak di bidang energi tidak hanya berorientasi pada konsep sustainability energy atau energi yang berkelanjutan. Sebab, ada yang lebih penting yakni akses energi kepada masyarakat.

"Saya minta teman-teman yang bergerak di energi ada isu-isu lain di luar sustainibility yang harus diperhatikan. Akses ke energi itu isu yang harus diperhatikan," katanya dalam Acara Pertamina Energy Forum 2019 di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Budi mengakui memang energi berkelanjutan itu menjadi isu penting untuk didorong di Indonesia. Namun, isu tersebut biasa dilakukan oleh negara-negara yang memang sudah kaya, sementara di Indonesia sendiri masih terdapat banyak masyarakat miskin.

Budi mencatat subsidi energi yang diberikan pemerintah saja bisa mencapai kurang lebih Rp 150 triliun, meskipun kenyataanya bisa tembus hingga Rp 200 triliun. Hal itu menunjukan bahwa, masyarakat Indonesia belum sepenuhnya bisa mengakses energi.

"Itu menunjukkan bahwa energi untuk sebagian masyarakat indonesia belum affordable. Belum mudah diakses, kita udah ngomong ke sustainibility of energy production, transmition, dan consumption. perlu diperhatikan juga sebelum loncat jauh," jelasnya.

 

Tak Hanya Indonesia

Dirut PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Dirut Freeport Tony Wenas saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Gedung Nusantara I, Jakarta (15/1). (Liputan6.com/JohanTallo)

Budi yang juga sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina itu menambahkan, keterbatasan akses energi tidak dirasakan oleh Indonesia sendiri. Namun, berdasarkan data yang ditunjukan dirinya terdapat sebanyak 1,1 miliar orang di dunia yang juga tidak mendapatkan akses energi.

"Gimana mau ngomong energi bersih murah kalau tidak dapat akses. Dia (masyarakat) malah gabisa nyalain lampu, dia malah ga bisa berikan kesempatan untuk anak-anak belajar lebih pinter. Kalau kepanasan tidak bisa dapat kipas angin, tidak bisa dapat handpone," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Teknisi melakukan perawatan panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLTS atap yang dibangun sejak 8 bulan lalu ini mampu menampung daya hingga 20.000 watt. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ombudsman Minta Instansi Pemerintah Ubah Gaya Pelayanan Publik

Posted: 26 Nov 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia meminta kementerian dan lembaga di pemerintahan mengubah gaya dalam pelayanan kepada publik. Kementerian diminta lebih luwes dalam melayani dan merespon keluhan masyarakat.

Hal ini disampaikan Anggota Ombusdman Adrianus Melialia dalam seminar propartif kepatuhan layanan publik di JS Luwansa Hotel, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019).

"Jadi untuk bagaimana para instansi penerima layanan publik ketika menerima keluhan dari masyarakat tidak dengan formalistik, tidak dengan kaku tidak dengan gaya pejabat," ujar Adrianus.

Sehingga, menurut Adrianus, jika layanan publik di lembaga pemerintahan ramah dan informal, maka dengan sendirinya akan mendorong masyarakat untuk bisa memaksimalkan layanan publik yang ada.

"Bayangkan orang-orang yang didatangi itu misalnya bukan orang yang senang, orang yang menopang dagu semua toh, sudah mau marah saja begitu," kata Adrianus.

Melalui seminar propartif ini, kata Adrianus, pihaknya mengharapkan masyarakat mau melapor apapun keluhan mereka kepada lembaga pemerintahan. Begitu juga dengan lembaga pemerintah, harus siap merespon keluhan masyarakat.

"Mau datang sehingga ada respon dengan cepat," kata dia.

Dalam kegiatan ini Ombudsman mengundang semua instansi yang memiliki delik pengaduan. Melalui seminar ini, setiap instansi diharapkan mampu meniru dan menerapkan layanan publik yang baik.

Acara ini akan dikombinasikan dengan seminar untuk memperkenalkan metode progresif dan partisipatif yakni pendekatan perlakuan yang adil terkait pengaduan masyarakat dalam pelayanan publik.

Ombudsman juga memberikan anugerah predikat kepatuhan 2019 pada kementrian yang memiliki layanan publik terbaik. Dua kementerian yang mendapat anugerah adalah Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Agama.

 

Belum Efektif

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyindir keberadaan Ombudsman Republik Indonesia. Menurut Mahfud, sekitar 10 tahun Ombudsman berdiri, keberadaannya masih belum efektif.

"Berdasar catatan saya baik sebagai orang yang aktif di pemerintah, di pengadilan, akademisi dan pegiat LSM, dalam belasan tahun, atau dalam sekian tahun berdirinya Ombudsman ini belum efektif," ujar Mahfud usai menghadiri Ombudsman Awards di JS Luwansa Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019).

Mahfud mengatakan hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab, dia menerima laporan soal instansi di pemerintahan yang seolah tak menganggap keberadaan Ombudsman.

"Banyak pemerintah yang mendapat rekomendasi (dari Ombudsman) itu abai, padahal Ombudsman ini dibentuk negara untuk membantu pemerintah dan membantu rakyat, bukan memusuhi pemerintah, ini masih ada orang yang menyepelekan Ombudsman," kata Mahfud.

Padahal, menurut Mahfud, Ombudsman dibentuk untuk menjadi jembatan antara pemerintah dengan rakyat. Mahfud mengatakan, Ombudsman yang bisa mendobrak batas antara rakyat dan pemerintah.

"Kalau ada rakyat tidak mampu menjangkau pemerintah dan pejabat karena birokrasi yang berbelit-belit, padahal hak-haknya dilanggar, dia bisa minta bantuan dan melapor ke Ombudsman," kata Mahfud.

"Ombudsman itulah yang kemudian memberi jalan penyelesaian yang sifatnya bukan peradilan, tetapi rekomendasi penyelesaian yang obyektif. Tetapi ya sudah bagus, Ombudsman tetapi kurang efektif sampai saat ini sehingga kita harus mendukung adanya Ombudsman ini sebagai salah satu institusi yang dibentuk oleh negara," Mahfud mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Gudang Pil PCC Berkedok Pabrik Tusuk Sate di Jabar-Jateng Berada di Cilacap

Posted: 26 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim Direktorat Tindak Pidana (Dittipid) Narkoba Bareskrim Polri meringkus sindikat produsen narkoba jenis obat-obatan terlarang pil PCC di kawasan Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka menyamarkan aktivitas lewat modus pabrik tusuk sate.

Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto menyampaikan, sebanyak 1,5 juta butir Pil PCC dikumpulkan dari dua lokasi berbeda.

"Tepatnya di Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya dan wilayah Banyumas, Jawa Tengah ," tutur Eko saat dikonfirmasi, Rabu (27/11/2019).

Menurut Eko, pada 26 November 2019 sekitar pukul 15.45 WIB, tim melakukan penggeledahan terhadap rumah-rumah yang diduga sebagai tempat produksi obat-obatan terlarang. Di sana ditangkap tersangka berinsial MJP dan TW.

"Dengan disamarkan sebagai pabrik pembuatan tusuk sate atau sumpit, sehingga tidak diketahui oleh masyarakat," jelas dia.

Gudang Penyimpanan di Cilacap

Deretan barang bukti yang telah diamankan petugas peredaran narkoba jenis PCC di Jawa Barat dan Jawa Tengah. (Foto: Merdeka)

Dalam penelusuran, ada juga sejumlah tempat yang dijadikan sebagai gudang penyimpanan Pil PCC. Salah satunya terletak di daerah Cilacap, Jawa Tengah.

"Peredarannya di wilayah Jawa tengah dan Kalimantan," Eko menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

21 Bridges: Dua Penjahat Gasak 50 Kg Kokaina, 8 Aparat Tewas

Posted: 26 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dua tahun terakhir, kita disuguhi performa Chadwick Boseman sebagai T'Challa dalam Black Panther. Nyaris tanpa jeda, ia muncul lagi sebagai T'Challa dalam Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame. Film 21 Bridges menguji daya tarik Chadwick Boseman lepas dari bayang-bayang Raja Wakanda.

Dalam 21 Bridges, ia tak hanya berlakon. Chadwick Boseman duduk di kursi produser bersama kreator Avengers, Anthony dan Joe Russo.

Menempatkan Chadwick Boseman sebagai pemeran utama yang lebih manusiawi, 21 Bridges menjelma menjadi aksi kriminal berbasis drama sarat intrik.

Jaga Tempo Cerita

Salah satu adegan film 21 Bridges. (Foto: Dok. IMDb/ STX Films)

Kekuatan film ini bertumpu pada ketangkasan sineas Brian Kirk dalam menjaga tempo cerita. Ini berdampak positif mengingat selama hampir dua jam, 21 Bridges tak semenit pun kehilangan gereget. Dalam film ini, ketegangan memiliki banyak wajah. Menit awal menampilkan adegan kehilangan anggota keluarga.

Ini memicu ketegangan mengingat yang meninggal adalah aparat dalam kondisi tak wajar. Ketegangan lain berasal dari rumah saat seorang ibu mulai pikun. Kepahitan dari masa lalu plus batang usia yang terus menggerus membuat kita khawatir, tokoh utama melakukan hal tak terkira karena menahun terlindas drama.

Insiden di Rumah Makan

Chadwick Boseman dalam film 21 Bridges. (Foto: Dok. IMDb/ STX Films)

Letupan ketegangan lain muncul, lewat insiden di rumah makan. Dikisahkan, dua penjahat, yakni Michael (Stephan James) dan Ray Jackson (Taylor Kitsch) menyatroni restoran untuk menggasak kokaina murni yang tersimpan di salah satu brankas. Seseorang memberi tahu keduanya ada 30 kilogram kokaina. Faktanya, di brankas itu ada sekitar 300 kilogram.

Panik, dua penjahat ini membawa kabur sekitar 50 kg kokaina murni lalu memasukkanya ke bagasi mobil. Sayang, aparat mendatangi restoran itu. Insiden baku tembak tak terhindarkan. Malam itu, delapan polisi tewas. Kasus ini ditangani detektif Andre Davis (Chadwick Boseman) dibantu personel Badan Narkotika Nasional, Burns (Sienna Miller). Andre curiga "pertemuan" polisi dengan Ray dan Michael bukan kebetulan.

Polah Andre diawasi Kapten McKenna (J.K. Simmons) mengingat ia punya rekam jejak mengkhawatirkan. Berkali-kali Andre menembak mati penjahat, seolah para kriminal tak layak mendapat kesempatan kedua. Andre menyimpan masa lalu kelam. Ayahnya yang juga polisi tewas di tangan penjahat. Ibunya yang terpukul, tak bisa menerima kenyataan, dan kini pikun.

Bagai Intro Sebuah Lagu

Stephan James dan Taylor Kitsch. (Foto: Dok. IMDb/ STX Films)

Insiden di restoran bagaikan intro sebuah lagu. Belum tergambar jelas apakah lagu itu riang, sedih, atau ngerock untuk meluapkan amarah. Dalam konspirasi kriminal macam ini, Anda harus tunduk pada peraturan nomor satu, yakni jangan terlalu percaya pada salah satu karakter. Nanti Anda dikhianati dan sakit hati.

Selain tempo cerita bergulir cepat, 21 Bridges menampilkan performa Chadwick yang meyakinkan. Ia sukses menanggalkan citra Raja Wakanda. Sejak awal rautnya penuh curiga. Sorot matanya mengisyaratkan kekecewaan yang terbungkus kehilangan.

Ini sejalan dengan dialog di awal bahwa menjadi aparat penegak hukum alias penumpas kejahatan baginya bukan lagi tugas melainkan DNA. Saat berinteraksi dengan ibunda di rumah, kita melihat sorot mata Andre menjadi teduh. Level kegarangan di wajah terjun bebas. Yang tersisa dalam mata teduh itu, citra family man.

Tema Tidak Baru

Chadwick Boseman dan Sienna Miller dalam 21 Bridges. (Foto: Dok. IMDb/ STX Films)

Film 21 Bridges tidak menawarkan tema baru. Dalam sebuah konspirasi kriminal, kita tak mungkin percaya bahwa penjahat 100 persen jahat. Hampir dapat dipastikan ada aktor intelektual yang menyusun konsep "operasi" dan 21 Bridges memenuhi kaidah itu. Penonton diminta melakukan atraksi tebak-tebak buah manggis terkait skandal yang sesungguhnya terjadi. Clue alias petunjuk sengaja dibuat tercecer. Kami tahu arah film ini ke situ.

Yang tidak kami tahu, apakah tokoh utama dibiarkan memikul beban ini sendiri atau tidak. Apakah ini jenis film yang menempatkan tokoh utama sebagai one man show atau masih dimanusiakan dengan hadirnya bantuan dari pihak lain. Selebihnya dari film ini bisa Anda saksikan sendiri di bioskop. Yang jelas, 21 Bridges tidak buruk.

Mendapat ulasan beragam dan gagal mendapat nilai A bisa jadi karena temanya klise. Ini tipe film yang tak sampai membuat kepala migrain lantaran banyak adegan simbolis yang mesti diterjemahkan. Anggaplah ini sebuah refreshing alias penyegaran bagi Anda maupun Chadwick Boseman. Datang ke bioskop, lihat adegan dar-der-dor, jadilah saksi pembongkaran kedok, dan pulang dengan hati riang. Sesederhana itu.

 

 

Pemain: Chadwick Boseman, Sienna Miller, Stephan James, Keith David, Taylor Kitsch, J.K. Simmons

Produser: Anthony Russo, Joe Russo, Gigi Pritzker, Chadwick Boseman, Logan Coles

Sutradara: Brian Kirk

Penulis: Adam Mervis, Matthew Michael Carnahan

Produksi: STX Films

Durasi: 1 jam, 50 menit

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Andi Tejo Sukmono, Tersangka Kasus Proyek Jalan di Kaltim

Posted: 26 Nov 2019 09:19 PM PST

Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan, Andi Tejo Sukmono memasuki Gedung KPK di Jakarta, Rabu (27/11/2019). Andi diperiksa sebagai tersangka suap pengadaan proyek jalan di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2018-2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan, Andi Tejo Sukmono memasuki Gedung KPK di Jakarta, Rabu (27/11/2019). Andi diperiksa sebagai tersangka suap pengadaan proyek jalan di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2018-2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pejabat Pembuat Komitmen di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan, Andi Tejo Sukmono tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Andi diperiksa sebagai tersangka suap pengadaan proyek jalan di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2018-2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pejabat Pembuat Komitmen di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan, Andi Tejo Sukmono tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Andi diperiksa sebagai tersangka suap pengadaan proyek jalan di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2018-2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan, Andi Tejo Sukmono memasuki Gedung KPK di Jakarta, Rabu (27/11/2019). Andi diperiksa sebagai tersangka suap pengadaan proyek jalan di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2018-2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan, Andi Tejo Sukmono memasuki Gedung KPK di Jakarta, Rabu (27/11/2019). Andi diperiksa sebagai tersangka suap pengadaan proyek jalan di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2018-2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag dan Kemenlu Raih Penghargaan Ombudsman Awards

Posted: 26 Nov 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia menggelar Penganugerahan Predikat Kepatuhan 2019 atau Ombudsman Awards di Grand Ballrom, Hotel JS Luwansa, Rabu (27/11/2019).

Dalam ajang ini, Ombudsman memberikan penghargaan kepada Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Dua kementerian ini merupakan instansi pemerintah yang dianggap memiliki kepatuhan tertinggi dalam hal pelayanan publik oleh Ombudsman.

Penghargaan untuk Kemenag diberikan langsung kepada Menag Fachrul Razi dan penghargaan untuk Kemenlu juga langsung diberikan kepada Menlu Retno Marsudi.

Meski baru mendarat dari Busan, Korea Selatan, Menlu Retno menyediakan diri untuk menerima langsung penghargaan ini.

"Jadi ini adalah kerja keras teman-teman di Kemenlu, dan saya baru saja mendarat dari Busan dini hari, dan saya sudah berjanji mewakili teman-teman di Kemenlu untuk mendapatkan penghargaan ini," ujar Retno usai menerima penghargaan.

Retno mengaku sangat bersyukur menerima penghargaan ini. Apalagi untuk mendapatkannya tidaklah mudah, terlebih untuk mempertahankannya. Kegembiraan Retno bertambah lantaran mendapat penghargaan di hari ulang tahunnya.

"Jadi, ini adalah anugerah terindah di hari ultah saya hari ini," kata Retno.

 

Hasil Kerja Keras

Tak jauh berbeda dengan Retno, Menag Fachrul juga mengaku senang mendapat penghargaan ini. Menurut Fachrul, ini merupakan kerja keras jajarannya dan juga menteri sebelumnya, yakni Lukman Hakim Syaifuddin.

"Kalau saya lihat di prestasi yang lalu, kami sudah pernah mendapat merah, mendapat kuning, dan kali ini mendapat hijau, dan itu bukan hasil kerja saya, ini hasil kerja menteri yang lalu, hasil kerja semua anggota yang ada di Kemenag, dan juga hasil kerja menteri sebelumnya, nanti akan saya sampaikan ke beliau," kata Fachrul.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Jadul 7 YouTuber Indonesia Ini Bikin Pangling

Posted: 26 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta YouTube kini menjadi sebuah platform media sosial yang sedang naik daun. Banyak sekali artis Indonesia yang membuat channel YouTube untuk makin menaikkan popularitas. 

Maka tidak jarang kini banyak artis yang mulai menekuni dunia YouTube. Bahkan, banyak sekali artis yang merogoh koceknya untuk pembuatan konten agar lebih menarik dan mendapatkan banyak penonton.

Walaupun bukan dari kalangan artis, untuk menjadi seorang selebriti atau mendapatkan popularitas. Tidak harus selalu mucul dalam televisi. Namun awal popularitas bisa diawali menjadi seorang YouTuber. Kini semakin banyak idola baru muncul atau orang tekenal lewat platform media sosial ini.

Menjadi konten kreator yang kratif dan kontennya disukai masyarakat, tak menutup kemungkinan YouTuber tersebut akan memperoleh popularita dan dianggap sebagai selebriti. Bahkan melalui YouTube sendiri, diketahui bahwa hasil dari menjadi konten kreator YouTube itu lumayan besar.

Kini sudah banyak konten kreator YouTube Indonesia yang memang bukan dari kalangan artis awalnya. Mereka pun kini dengan popularitasnya tentu penampilannya banyak berubah dan makin keren. Namun melihat penampilannya masa lalu sebelum terkenal, ternyata banya pula yang bikin pangling.

Berikut 7 potret jadul YouTuber Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/11/2019)

1. Tobias Justin alias Jess No Limit mengawali kepopulerannya melalui game mobil, ia pun juga menjadi seoarang YouTuber hits

Penampilan YouTuber dulu dan kini (Sumber: Instagram/jessnolimit)

2. Raja YouTube Asia, Atta Halilintar memiliki jumlah subscribe terbanyak di Indonesia bahkan Asia

Penampilan YouTuber dulu dan kini (Sumber: Instagram/attahalilintar)

3. Begini penampilan Chandra Liow dulu dan kini makin berisi serta gagah

Penampilan YouTuber dulu dan kini (Sumber: Instagram/chandraliow)

4. Penampilan Ria Ricis dahulu bikin pangling dan jauh berbeda dengan penampilannya yang sekarang

Penampilan YouTuber dulu dan kini (Sumber: Instagram/riaricis1795)

5. Penampilan Arief Muhammad yang dulu sungguh bikin pangling, kini ia telah menjadi YouTuber keren dengan banyak mobil

Penampilan YouTuber dulu dan kini (Sumber: Instagram/riaricis1795)

6. Dulu gondrong kini rambutnya pendek, enggak terlalu banyak perubahan mencolok yang dialami Andovi Da Lopez

Penampilan YouTuber dulu dan kini (Sumber: Instagram/andovidalopez)

7. Young Lex yang dulu ternyata imut dengan senyumnya yang lebar

Penampilan YouTuber dulu dan kini (Sumber: Instagram/young_lex18)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Grasi Annas Maamun, Fadjroel Rachman: Istana Tak Perlu Jelaskan Lebih Detail

Posted: 26 Nov 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istana menutup rapat-rapat alasan memberikan grasi kepada Annas Maamun, terpidana kasus korupsi alih fungsi lahan di Provinsi Riau. Bahkan, Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman enggan menanggapi pertanyaan wartawan seputar pemberian grasi tersebut. 

"Mohon ditanyakan dulu ke Menkum HAM," kata Fadjroel saat dihubungi, Rabu (27/11/2019).  

Fadjroel berpendapat, Istana tak perlu memberikan penjelasan lebih detail soal grasi Annas Maamun. Sebab, Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Ade Kusmanto telah memberikan pernyataan, pada Selasa, 26 November 2019.  

"Sudah dijawab Kemenkum HAM," tegasnya.

 "Cukup dijawab Menkum HAM," imbuh dia. 

Annas Maamun mendapat grasi atau pengampunan dari Presiden Joko Widodo. Dengan begitu, hukuman mantan Gubernur Riau itu dikurangi 1 tahun.  

Kuasa hukum Annas Maamun, Eva Nora mengatakan, pengajuan grasi tidak dilakukan Annas Maamun melalui dirinya sebagai kuasa hukum. Dia menduga bahwa grasi itu diperoleh dengan mengajukan secara pribadi atau melalui pihak keluarga. 

"Kalau grasi bisa diajukan oleh terpidana atau keluarga terpidana langsung kepada presiden. Tanpa harus melalui kuasa hukum," ucap Eva. 

Korupsi Alih Fungsi Lahan Kebun Kelapa Sawit

Annas Maamun meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan, Jakarta, Rabu (14/1/2015). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Annas Maamun merupakan Gubernur Riau ke-10 yang hanya menjabat selama 7 bulan sejak Februari-September 2014. Dengan grasi yang diberikan Presiden Jokowi, Annas dipastikan akan bebas pada 2020 mendatang setelah melalui proses hukum 6 tahun penjara. 

Karena sebelumnya, Annas dihukum 7 tahun penjara pada tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA). Hukuman itu bertambah 1 tahun dari vonis Pengadilan Tipikor Bandung pada 24 Juni 2015. 

Hakim menyebutkan, Annas dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara korupsi alih fungsi lahan kebun kelapa sawit di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Dia pun terbukti menerima Rp 500 juta dari pengusaha bernama Gulat Medali Emas Manurung, yang kini menjabat sebagai Ketua DPP Apkasindo. 

Pemberian uang itu agar Anas memasukkan permintaan Gulat Manurung dalam surat Gubernur Riau tentang revisi kawasan hutan meskipun lahan yang diajukan bukan termasuk rekomendasi tim terpadu.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Kedua, Ratusan Pelanggar Jalur Sepeda Kena Tilang

Posted: 26 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, terdapat 149 kendaraan ditilang karena menerobos jalur sepeda di Jakarta, Selasa, 26 November 2019.

Masih didominasi kendaraan roda dua, Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Fahri Siregar mengimbau pengendara lebih berhati-hati.

"Jumlah penindakan pelanggaran sebanyak 149 pelanggaran dan didominasi oleh sepeda motor," kata Fahri, dilansir Megapolitan, Liputan6.com.

Dari 149 kendaraan yang melanggar jalur sepeda, terdapat dua unit mobil, dan satu unit bajaj mengalami tilang. Sedangkan 146 pelanggar didominasi sepeda motor.

Fahri mengemukakan berdasarkan laporan dari petugas di lapangan, ruas jalan dengan pelanggaran jalur sepeda terbanyak adalah di Jalan Pramuka.

 

Tilang Berlaku Mulai 25 November 2019

Ditlantas Polda Metro Jaya mulai memberlakukan sanksi tilang bagi para pengendara kendaraan bermotor yang nekat masuk dan melintas di jalur sepeda pada Senin, 25 November 2019.

Kendaraan yang melintas di jalur sepeda dikenai Pasal 287 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas akan dikenai sanksi berupa tilang dengan denda Rp500 ribu atau kurungan selama dua bulan.

Sanksi tilang tersebut diberlakukan setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menandatangani aturan mengenai penyediaan lajur sepeda pada Rabu, 20 November 2019.

Jalur-jalur sepeda yang disebutkan dalam Pergub 128/2019, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Salemba Raya, Jalan Proklamasi, Jalan Penataran, Jalan Pramuka, Jalan Pemuda, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Sisingamangaraja.

Selain itu, Jalan Panglima Polim, Jalan RS Fatmawati Raya, Jalan Tomang Raya, Jalan Kyai Caringin, Jalan Cideng Timur, Jalan Cideng Barat, Jalan Kebon Sirih, Jalan Fachrudin, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manga Jepang Ungkap Derita Wanita Muslim Uighur di China

Posted: 26 Nov 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Komunitas Uighur di Xinjiang, China, sedang menjadi sorotan internasional karena isu kamp detensi. Kelompok HAM menuding pemerintah China dituding melanggar hak etnis Uighur dengan alasan ingin memberantas ekstrimisme.

Seorang mangaka asal Jepang pun berinisiatif menuliskan manga berdasarkan kisah seorang wanita Uighur yang sempat ditahan oleh pemerintah China. Kejadian berlangsung selama tiga kali di antara 2015 dan 2017.

Dilaporkan Kyodo News, manga itu berjudul "What has happened to me" (Apa yang telah terjadi pada saya) bercerita bagaimana wanita Uighur ditangkap usai melahirkan anak kembar tiga di Mesir. Ia ditangkap ketika baru kembali ke China bersama bayi kembarnya.

Wanita itu mengaku kondisi penahanannya membuatnya kesulitan tidur. Ia bahkan diikat di kursi dan disetrum oleh petugas. Malangnya lagi, salah satu anak kembarnya meninggal dunia ketika berada dalam pengurusan otoritas China.

Pembaca pun merasa kaget atas penyiksaan yang terjadi. Sejak muncul di Twitter, manga itu sudah mendapatkan 2,5 juta views dan 86 ribu retweet serta diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Manga itu adalah karya Tomomi Shimizu (50). Ia mengaku mengetahui kisah Uighur dari media massa pada tahun 2018. Tanpa menyebut nama negara yang terlibat, Shimizu merasa terpanggil membuat manga tentang Uighur.

"Meski (China) adalah negara tetangga, negara itu penuh hal-hal yang tidak diketahui. Misi saya adalah bercerita kepada banyak orang tentang mereka lewat manga," jelas Shimizu yang berencana terus merilis testimoni Uighur.

Mengaku Tak Ada Penyiksaan

Gedung utama pusat pelatihan vokasional di di Atush, Prefektur Otonomi Kizilsu Kirgiz, Wilayah Otonomi Xinjiang-Uighur (XUAR) (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Pihak pemerintah China berkali-kali menegaskan tidak ada penyiksaan yang terjadi pada komunitas Uighur. Mereka berkeras bahwa tak ada kamp detensi, melainkan tempat pelatihan vokasi agar para "murid" bisa mendapatkan bekal kemampuan. 

Berdasarkan dokumen rahasia yang dibocorkan International Consortium for Investigative Journalists (ICIJ), para "murid" Uighur itu dibatasi untuk berhubungan dengan keluarga, yakni hanya boleh menelepon selama seminggu sekali. Tempat duduk hingga cara berbaris mereka pun diatur dengan ketat. 

Dokumen tersebut juga menyebut tidak boleh ada kekerasan ke para siswa, namun testimoni dari tokoh di komik Tomomi Shizuku berkata lain. Durasi pendidikan di "sekolah" tersebut minimal satu tahun, meski ada laporan murid boleh keluar lebih awal.

Pemerintah China sendiri mengecam dokumen rahasia tersebut. Pihak Kedutaan Besar China di Inggris berkata dokumen rahasia dari ICIJ adalah berita palsu. 

"Apa yang disebut dokumen-dokumen bocor ini adalah murni karangan dan berita palsu. Ada banyak dokumen berwenang di China untuk menjadi referensi masyarakat China dan media asing yang ingin tahu tentang pendidikan vokasi dan pusat-pusat pelatihan," ujar Kedutaan Besar China di Inggris.

Mata-mata via Aplikasi?

Seorang

Laporan ICIJ juga menyebut pemerintah China menggunakan aplikasi untuk memata-matai Muslim Uighur di Xinjiang.

Menurut ICIJ, aplikasi yang digunakan China adalah aplikasi Zapya (Kuai Ya) yang kerap digunakan komunitas Muslim untuk berbagi konten religi. Pengembang aplikasi itu adalah DewMobile asal Beijing.

Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa berbagi video, foto, dan files lain tanpa menggunakan koneksi internet. Pengguna Zapya di Uighur juga ternyata mencapai jutaan dan China berhasil memantau siapa penggunanya.

Salah satu pengungsi Uighur, Zumrat Dawut, berkata polisi sering memeriksa aplikasi Zapya. Jika ada yang men-download konten religi, maka polisi akan menahan orang tersebut.

Informasi yang China dapatkan lewat Zapya juga sangat detail. Mereka tahu berapa saja imam yang tak berizin di wilayah Xinjiang, orang-orang yang berhubungan dengan mereka, bahkan tagar apa saja yang dipakai.

Menurut dokumen rahasia bertanggal 29 Juni 2017 itu, China berhasil tahu ada 1,8 juta orang pengguna Zapya di kalangan Uighur, 3.925 imam tak berizin, dan 5.576 orang yang berhubungan dengan para imam tersebut.

Ada pula 124 provokator atau yang disebut "hijrat" oleh pemerintah China, serta 72 orang yang punya hubungan dengan para "hijrat". Pemerintah juga tahu lokasi mereka yang memakai tagar-tagar yang dianggap berbahaya.

Meski demikian, belum jelas bagaimana pemerintah China mendapatkan data dari Zapya. Pihak pengembang Zapya juga tidak mau memberi komentar soal dokumen rahasia yang bocor itu.

"Dokumennya tidak menjelaskan abagaimana pemerintah mendapatkan data pengguna dari Zapya," jelas ICIJ. "Dokumen-dokumen itu tidak memberikan tanda bahwa perusahaan terkait bekerja sama dengan otoritas China."

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jenazah Ciputra Dikebumikan di Pemakaman Keluarga

Posted: 26 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenazah konglomerat Ciputra akan disemayaman di kediaman pribadi di Jakarta selatan. Pemilik Cputra Grup ini meninggal dunia di rumah sakit Gleneagles Singapura. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Jadi Guru Kreatif dari Tiga Sosok Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Posted: 26 Nov 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan hari guru di Indonesia dirayakan setiap tanggal 25 November. Tahun ini Kemendikbud mengusung tema "Guru Penggerak Indonesia Maju." 

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kepribadian yang khas, termasuk cara mengajar guru yang unik dengan berbagai metode dan bertujuan untuk mendorong siswa-siswi untuk maju dan percaya diri menata masa depan.

Berikut tiga sosok pahlawan tanpa tanda jasa yang mengampu bidang studi berbeda dan dapat dijadikan role model di dunia pendidikan untuk membimbing siswa-siswi dengan cara cerdas dan kreatif.

1. Guru Perlu Terbuka, Mengikuti Trend, dan Berbaur dengan Siswa-Siswi

Yohanes Ari, seorang guru komputer SMP sekaligus wakil kepala sekolah yang selalu berusaha mengikuti trend yang tengah digandrungi oleh anak muda. Di tengah waktu luangnya, Ari biasanya menonton kartun atau anime yang sedang populer di kalangan siswa-siswinya.

"Minimal saya tau apa yang lagi jadi obrolan murid-murid. Singgung dikit-dikit, dikaitkan dengan pelajaran. Anak-anak jadi senang belajar. Misal serial anime dihubungkan dengan cara membuat video animasi," ujar guru yang lahir di bulan April ini.

Biasanya saat jam bel istirahat berdering, Ari mengobrol dengan siswa-siswinya yang sedang makan di kantin atau kooridor sekolah.

"Jadi guru itu harus tarik ulur. Misal lagi santai, ya kita boleh bercanda sama murid. Tujuannya biar lebih mengenal mereka," jelas pria penyuka kopi ini.

Ari menilai bahwa seorang guru perlu tekun melakukan observasi pada muridnya. Kegiatan pengamatan tersebut membantu Ari memahami hobi dan kepribadian siswa-siswinya.

 

2. Setiap Guru Harus Berempati dan Siap Menjadi Pendengar Bagi Siswa-Siswinya

Doc: Patricia Astrid Nadia

Sementara itu, Yustina Anastasia, seorang guru Bahasa Indonesia kelas 9 juga memiliki metode unik dan efektif dalam mengajar. Di samping mengajar Bahasa Indonesia, ia juga menjadi pelatih PASKIBRA untuk siswa-siswinya.

Yustina melatih murid-muridnya dengan tegas dan penuh wibawa. Sama halnya saat mengajar di kelas. Tentu tujuannya bukan untuk menakuti siswa-siswi, namun mendidik mereka untuk memiliki respect dan fokus pada materi yang disampaikan.

"Ya kalo di luar pelajaran, ada murid curhat, main, ketawa-ketawa ya, nggak papa," kata guru yang hobi membaca dan menulis.

Menurut salah seorang muridnya, ia sangat senang saat Yustina mengajaknya bergabung di PASKIBRA dan OSIS. Semula, sang murid dikenal sebagai sosok yang penakut dan kurang mengenali potensi dirinya.

"Waktu itu aku nggak daftar OSIS sebetulnya, tapi diajakin gabung. Aku belajar mimpin, belajar berani, jadi orang yang percaya diri," kata salah seorang siswinya yang sangat menyukai pelajaran Bahasa Indonesia.

Di samping sukses mencetak murid yang percaya diri, Yustina juga memiliki empati yang tinggi, hapal setiap nama siswanya, dan terbuka dengan ilmu psikologi.

 

Selanjutnya

Doc: Patricia Astrid Nadia

Bagi Yustina, tak hanya guru Bimbingan Konseling yang perlu memiliki kompetensi psikologi atau kemampuan mendengarkan yang baik, namun setiap guru perlu belajar untuk berempati dan mendengarkan cerita dari siswa-siswinya. Yustina mengajak para guru untuk tidak menjudge siswa terburu-buru sebelum mendengarkan cerita lengkap mereka.

"Anak-anak di sekolah  saya diminta nulis hal yang dirasakan di buku refleksi. Mereka bisa curhat di sana. Pas baca ada siswa yang butuh didengar, saya panggil, ajak ngobrol. Saya belajar dengerin mereka," ungkapnya.

Di kelas, guru yang berjiwa sosial ini juga membedah materi pelajaran dengan rinci. Saat muridnya bertanya tentang suatu materi kepadanya, ia tak langsung menjawab. Biasanya ia meminta pendapat muridnya terlebih dahulu, lalu mengajaknya berdiskusi. Ia ingin peserta didiknya memiliki inisiatif dan berani berpikir kritis.

Yustina juga tak segan belajar dan berdiskusi dengan alumninya yang merupakan lulusan dari fakultas psikologi.

"Buat saya, guru harus menginspirasi, punya passion, berekspresi dengan kreatif tapi tetap ikut norma-norma yang berlaku di Indonesia," kata Yustina mengutarakan harapannya di hari guru, 25 November 2019.

Kemampuan komunikasi interpersonal Yustina yang baik membuat salah satu siswinya mengapresiasinya dengan memberikan Yustina puisi dan karikatur yang mendorong Yustina lebih bersemangat menjalani profesinya.

"Saya enggak lihat hadiah dari mahal atau enggaknya, tapi saya senang karena murid saya ini begitu mengenal saya. Bahasa cinta saya itu pemberian. Hadiah unik dari murid saya bikin saya semangat mengajar," ungkapnya terharu.

 

3. Guru Sebaiknya Pandai Menyesuaikan Diri dan Mengenali Bakat dari Peserta Didiknya

Doc: Patricia Astrid Nadia

Sementara itu, Untung Subroto Dharmawan, seorang dosen psikologi di sebuah universitas swasta juga memiliki cara seru dalam mengajar. Saat dosen ekspresif ini mengajar mahasiswa, ia piawai dalam memadu-padankan busananya, sehingga ia tetap tampil rapi, sopan namun kekinian.

Ia dijuluki sebagai dosen gaul yang mudah beradaptasi. Para peserta didiknya menganggapnya sebagai seorang teman, bukan dosen yang ditakuti. Salah satu kelas yang diampunya ialah psikologi komunikasi.

Ketika mahasiswanya selesai mempresentasikan suatu materi, hal unik yang dilakukannya ialah memberikan feed back personal, sehingga mahasiswa memahami kelebihan dan kekurangannya. Untung juga piawai dalam menemukan bakat dari seorang mahasiswi yang kurang percaya diri.

"Saya suka kirim mahasiswa ikut lomba, karena saya tau dia sebenarnya punya potensi bagus di sana," tutupnya. Sebagai pengajar, Untung berusaha memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk berkembang.

 

Setiap guru tentu bebas berekspresi, berinovasi dalam mengajar dan menggunakan metode tertentu. Namun hal lain yang tak dapat dilupakan oleh seorang guru dalam membimbing siswa-siswinya menjadi lebih maju ialah tidak boleh berhenti untuk tekun belajar, mengajar dengan kreatif, tanpa melupakan norma-norma yang berlaku di Indonesia.

 

Penulis:

Patricia Astrid Nadia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Bandar Narkoba di PN Kayuagung Ditunda hingga 3 Kali, Ada Apa?

Posted: 26 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Pengadilan Negeri (PN) Kayuagung, Sumatera Selatan (Sumsel), kembali menunda sidang perkara kasus pengedaran narkoba. Kasus ini menjerat Ajar Aswad (28), bandar narkoba yang ditangkap jajaran Polres Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel pada bulan Agustus 2019 lalu.

Sidang kepemilikan 192 gram narkoba jenis sabu ini awalnya diagendakan kembali pada hari Senin (25/11/2019). Jadwal sidang ini rencananya mengagendakan pembacaan tuntutan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Namun, sidang kembali harus tertunda untuk ketiga kalinya dikarenakan belum siapnya rencana tuntutan (retut) dari jaksa.

"Iya, sidang harus kembali ditunda. Artinya sudah tiga kali dilakukan penundaan dalam kasus ini," kata Humas PN Kayuagung, Firman Jaya, Selasa (26/11/2019).

Menurut dia, meski tidak diatur khusus mengenai batas penundaan terhadap suatu kasus. Namun, pengadilan tetap akan dibatasi dengan lama masa tahanan selama menjalani proses persidangan.

"Untuk menentukan penundaan juga harus jelas, biasanya melihat situasional seperti apa hingga diputuskan untuk ditunda," katanya.

Untuk sidang atas terdakwa Ajar Asawad, jaksa penuntut umum (JPU) Imran menyatakan belum siap akan rencana tuntutan (retut), untuk nantinya dituntutkan kepada terdakwa. Sidang tuntutan akhirnya kembali ditunda untuk satu minggu ke depan.

Cepat atau lambatnya perkara persidangan ini, ucapnya, tergantung kondisi di lapangan. Dia membeberkan alasan lainnya, yang bisa menunda jadwal persidangan. Seperti saksi yang dibutuhkan berhalangan hadir, sehingga membuat sidang harus ditunda.

Namun, PN Kayuagung Sumsel selalu mengingatkan agar setiap kasus dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan aturan. Karena, ada batas waktu tertentu mengenai batas tahanan tersebut selama menjalani proses sidang.

"Untuk kasus-kasus tertentu apalagi dengan ancaman hukuman di atas 9 tahun penjara. Biasanya pengadilan maksimal hanya dua kali memperpanjang masa tahanan terdakwa," ungkapnya.

Sebelumnya, terdakwa bandar narkoba Ajar Aswad didakwa JPU dengan pasal primer 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Sidang bandar narkoba ini sempat dua kali mengalami penundaan, pertama kali diagendakan pada 9 Oktober 2019.

Namun, hakim ketua memutuskan sidang ditunda, sebab majelis hakim tidak lengkap. Kemudian pada sidang di PN Kayuagung pada tanggal 15 Oktober 2019, majelis hakim kembali menunda sidang dakwaan karena terdakwa tidak didampingi oleh kuasa hukum.

 

Pembunuhan Calon Pendeta

Dua terpidana kasus pembunuhan calon pendeta cantik yang disidang di Pengadilan Negeri Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Di PN Kayuagung Sumsel ini juga turut menggelar sidang pembunuhan calon pendeta cantik, dengan dua terpidana, Nang (20) dan Hendrik (18). Sidang pembunuhan ini akhirnya diputuskan oleh hakim, yaitu hukuman seumur hidup terhadap dua terpidana.

Humas PN Kayuagung Firman Jaya, mengatakan putusan penjara seumur hidup dianggap terlalu ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Putusan sebelumnya dianggap tidak sesuai dengan tuntutan awal jaksa yakni hukuman mati. Maka dari itu jaksa mengajukan banding atas putusan itu," katanya.

Nota banding dari JPU sudah diterima PN Kayuagung Sumsel, lalu diteruskan ke Pengadilan Tinggi. Dalam penentuan proses banding ini, pengadilan juga mempertimbangkan lama waktu penahaanan terhadap terpidana setelah ditetapkan hakim.

"Jika berkas yang dibutuhkan dirasa lengkap, maka kita akan langsung kirim ke Pengadilan Tinggi," katanya.

Saat proses banding nantinya, Pengadilan Tinggi akan mengkaji kembali tuntutan JPU. Kemungkinan sidang lanjutan akan kembali menghadirkan para saksi, jika dianggap diperlukan. Namun, biasa juga nantinya Pengadilan Tinggi akan menyimpulkan fakta hukumnya saja.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vinicios Sardi Jago Main Skateboard dengan Kaki Prostetik

Posted: 26 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Skateboard merupakan jenis permainan ketangkasan yang membutuhkan keseimbangan. Siapa pun bisa melakukannya. Tentu saja pemainnya perlu latihan secara rutin untuk bisa meluncur mulus, apalagi hingga fasih melakukan berbagai trik.

Namun, Vinicios Sardi berhasil membuktikan bahwa kondisi disabilitas tak menjadi hambatan baginya untuk beraksi di papan luncur. Penyandang disabilitas berusia 23 tahun ini meluncur dengan menggunakan kaki palsu.

Walau kakinya tak lagi sempurna, Vinicios mampu melakukan berbagai macam trik di atas papan skate-nya.

Awal mula belajar menggunakan kaki palsu, ia mendapati kaki prostetik itu tidak dirancang khusus untuk seorang pemain skateboard.

 

(Instagram/vsardiskate)

Vinicios lahir di Sao Paulo, Brazil. Dia terlahir dengan kelainan di kaki, dan menjalani amputasi saat usianya masih sangat muda. Uniknya, dengan kekurangan tersebut, ia mampu memamerkan bakat bermain skateboardnya dengan gaya berlutut.

"Saya lahir dengan kelainan bawaan pada kaki dan juga tangan kanan saya," katanya.

Vinicios terinspirasi dari teman-temannya dan sering melihat majalah yang menampilkan permainan skateboard. Saat kecil ia memutuskan bermain skateboard dengan kaki prostetik.

Saat berseluncur dengan temannya, kaki prostetik yang digunakannya patah. Karena itu tidak dirancang untuk bermain skateboard. Dari situlah ia kemudian membuat keputusan paling berharga dalam hidup. Ia tak pernah menyerah, skateboard sudah menjadi pilihan hidupnya.

"Itulah yang membuat saya merasa bebas dan hidup - hari ini, berkat olahraga, saya bisa menjalani kehidupan normal tanpa rasa takut," ungkap Vinicos.

 

Annisa Suryanie

Sumber : FOX News

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MediaPad T5, Tablet Ringan dari Huawei Rp 2,5 Jutaan

Posted: 26 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei merilis sebuah tablet baru di Indonesia yakni MediaPad 5T. Tablet ini dibanderol mulai dari Rp 2.599.000.

Tablet ini menghadirkan desain yang mewah, nyaman digunakan, serta memiliki performa dan pengalaman audio visual yang baik untuk pengguna dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia Lo Khing Seng mengatakan, peluncuran tablet MediaPad T5 menambah portofolio Huawei di pasar Indonesia.

Ia mengatakan, tablet ini menyasar pengguna tablet bukan hanya kebutuhan profesional tetapi juga pribadi.

"Tablet ini diluncurkan bersama dengan produk wearable seperti Freebuds 3 dan Watch GT 2 42mm. Kami harap seluruh perangkat yang didukung ekosistem Huawei akan memberikan pengalaman menyeluruh kepada konsumen," tutur Lo Khing Seng, seperti dikutip dari keterangan resmi Huawei, Rabu (27/11/2019).

MediaPad T5 punya layar IPS seluas 10,1 inci dengan desain simetris dan tepian melengkung. Bagian layarnya dilengkapi fitur Eye-Comfort Mode.

MediaPad T5 juga dibekali earphone jack 3,5mm diletakkan pada bagian kiri atas, kamera di tengah, dan port pengisian microUSB di sisi kiri sejajar dengan tombol Power. Sementara, tombol volume di bagian kanan.

MediaPad T5 dibalut dengan material metal dengan tekstur mulus dan nuansa premium.

Tablet ini memiliki bobot yang ringan, hanya 460 gram. Huawei mengklaim, perangkat ini nyaman untuk digenggam dalam waktu yang lama untuk internetan, menonton film, atau bekerja.

Pengguna dapat dengan mudah mengkostumisasi pengalaman stereo headphone headphone Huawei 3.5mm atau FreeBuds 3 dengan koneksi Bluetooth.

 

Spesifikasi

Huawei MediaPad T5 (Foto: Huawei)

Beralih ke spesifikasi Huawei MediaPad T5 ditenagai prosesor Kirin 659 dengan 8 core, di mana 4 core berjalan di kecepatan 2.3Ghz dan 4 core di 1.7Ghz.

Terdapat dua opsi memori RAM 2GB dan memori internal 16GB serta RAM 3GB dan memori 32GB.

Untuk memori tambahan, MediaPad T5 menyediakan slot tambahan Micro SD Card yang dapat memberikan tambahan memori hingga 256GB.

Dari segi baterai, MediaPad T5 dilengkapi dengan kapasitas baterai 5100mAH yang dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Untuk penggunakan menonton video FHD, tablet ini dapat bertahan hingga 8.9 jam, untuk menonton musik dapat bertahan hingga 64 jam. Sementara, dalam keadaan standby tablet ini dapat bertahan hingga 680 jam.

Tablet ini juga mendapat dukungan dari Google untuk toko aplikasi Google Play dan layanan Google lainnya. 

Harga

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Perangkat ini dijual dengan harga Rp 2.599.000 dengan masa preorder 26 November-2 Desember 2019.

Konsumen yang membeli akan mendapatkan flip cover dan cash back Rp 150 ribu.

Perangkat ini dijual di saluran e-commerce, termasuk di JD.id, Blibli, Shopee, dan Lazada.

Sementara, untuk saluran offline, penawaran order di Huawei Experience Store dan Erafone.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Ristanto Suanda dan Imam Nahrawi

Posted: 26 Nov 2019 09:00 PM PST

Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia, Ristanto Suanda (kiri) dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi (kanan) berjalan akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia, Ristanto Suanda (kiri) dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi (kanan) berjalan akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi tiba akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Imam Nahrawi diperiksa terkait kasus dugaan suap dana hibah dari pemerintah terhadap KONI melalui Kemenpora. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi tiba akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Imam Nahrawi diperiksa terkait kasus dugaan suap dana hibah dari pemerintah terhadap KONI melalui Kemenpora. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia, Ristanto Suanda tiba akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Ristanto Suanda diperiksa terkait kasus suap kuota impor ikan 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia, Ristanto Suanda tiba akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Ristanto Suanda diperiksa terkait kasus suap kuota impor ikan 2019. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia, Ristanto Suanda (kiri) dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi (kanan) tiba akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia, Ristanto Suanda (kiri) dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi (kanan) tiba akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia, Ristanto Suanda (kiri) dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi (kanan) berjalan akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama (Dirut) Perum Perikanan Indonesia, Ristanto Suanda (kiri) dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi (kanan) berjalan akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/11/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agnez Mo Klarifikasi Ucapan soal Darah Indonesia

Posted: 26 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Agnez Mo kini tengah dirundung kontroversi atas pernyataannya dalam sebuah wawancara di New York, baru-baru ini.

Hanya saja, tak lama kemudian muncul penggalan wawancara saat Agnez Mo menyebutkan bahwa dirinya tak memiliki darah Indonesia.

"Yeah, karena aku sebenarnya tidak punya darah Indonesia, whatsoever. Aku sesungguhnya [berdarah] Jerman, Jepang, Tionghoa, dan aku hanya lahir di Indonesia," tutur Agnez Mo dalam petikan wawancara tersebut.

Video ini langsung memantik reaksi warganet. Banyak yang panas, menuduh Agnez Mo seperti kacang lupa kulit sampai meragukan nasionalisme Agnez Mo. Tak sedikit pula yang memberikan pembelaan, menyebutkan bahwa ia sebenarnya hanya mengungkapkan fakta mengenai asal usulnya.

Di tengah kontroversi ini, Agnez Mo akhirnya buka suara lewat sebuah unggahan di Instagram, Rabu (27/11/2019).

Dipelintir

(Instagram/agnezmo)

Pelantun "NaNaNa" ini mengunggah petikan lain video wawancaranya. Dalam rekaman ini, Agnez Mo menceritakan pengaruh budaya Indonesia kepada karyanya. 

"Aku mencoba menyertakan banyak kultur Indonesia dalam musikku atau videoklipku," tuturnya. "Harapanku, aku bisa memperkenalkan budayaku kepada dunia," kata dia menambahkan.

Di keterangan videonya, Agnez Mo heran mengapa orang yang menyebar kutipan wawancaranya tidak menyertakan pernyataannya ini dan justru memelintir pernyataannya.

"Mengapa kau tidak memotong dan mengedit bagian ini? Betapa tak tahu malu orang yang hanya ingin menyebarkan kebencian dengan memelintir kata-kata dan maksudku," tutur Agnez Mo dalam bahasa Inggris.

Maksud Baik

Agnez Mo saat tampil di Build Series pada 22 November 2019. (dok. Youtube Build Series/Dinny Mutiah)

Ia juga menjelaskan maksud dari pernyataannya dalam video yang lantas menjadi viral tersebut.

"Yang kukatan semua [bermaksud] baik, bahwa meski aku adalah seorang MINORITAS aku bisa membagikan keragaman luar biasa yang kupelajari di negaraku. Dan aku bisa membaginya di semua wawancaraku (nasional dan internasional)," kata Agnez Mo.

Tak Bisa Pilih DNA

Agnez Mo menyatakan bahwa ia tidak bisa berbuat apa-apa soal keturunannya.

"Aku tidak bisa memilih darah atau DNA-ku, tapi aku akan selalu MEMBELA negaraku, AKU SELALU MELAKUKANNYA, dan TAK ADA ORANG yang bisa merampas ini dariku," sambung bintang sinetron Pernikahan Dini.

 

Dukungan Rekan Artis

Pernyataan Agnez Mo ini mendapat dukungan dari sejumlah rekan artis. Sandra Dewi memberikan emotikon cinta di kolom komentar.

Sementara Boy William menulis, "Semangat! We understand kok."

Regina Ivanova memberi semangat dengan komentar," Jia You".

Indra Bekti menimpali dengan berkata, "Be stroooong nyeeeeessss."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Obat yang Izin Edarnya Butuh Waktu Lama

Posted: 26 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa jenis obat ternyata membutuhkan waktu lama mendapatkan izin edar. Bahkan berbulan-bulan lamanya, perusahaan atau pembuat obat menunggu surat izin edar.

Tak ayal, perizinan edar obat yang lama keluar ini membuat harga obat mahal. Konsumen harus merogoh kocek dalam.

Direktur Eksekutif Gabungan Perusahaan (GP) Farmasi Indonesia, Dorodjatun Sanusi menyebut obat apa saja yang biasa membutuhkan waktu lama.

"Biasanya itu yang butuh waktu lama izin edar, seperti obat antibiotik, aptor (golongan obat pereda nyeri), dan obat yang ditujukan menangani pembuluh darah," terang Dorodjatun di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Selasa (26/11/2019).

"Kenapa izin edarnya lama? Karena mereka (pihak penilai izin edar) harus mengevaluasi satu persatu rinciannya. Misal, bahan pembuatan juga proses pembuatannya. Ini yang makan waktu lama. Padahal, obat-obat itu kan sudah siap pakai."

Dampak Perizinan Edar Obat yang Lama

Dampak izin edar obat lama. (iStockphoto)

Dorodjatun menilai, penyebab izin edar obat lama bisa saja karena kekurangan tenaga. 

"Ya, itu bisa juga. Tapi kan Pak Menkes rupanya enggak mau kalau izin edar obat keluarnya lama, terlebih lagi berbelit-belit," tambahnya.

Lamanya perizinan edar obar yang lama akan memengaruhi harga dan proses produksi obat. 

"Ya, enggak bisa produksi banyak (obat) lagi. Sementara itu, karyawan kan harus terus dibayar. Apalagi enggak bisa memproduksi produk sesuai program yang direncanakan. Efeknya, obat yang akan dipasarkan ya jatuhnya terlambat (dijual)," Dorodjatun menerangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Main UNO Stacko Kayu dan Aturannya, Seru Buat Nongkrong

Posted: 26 Nov 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara Main UNO Stacko kayu tidak jauh berbeda dengan yang biasa. Permainan UNO Stacko ini sangat asik dimainkan bersama-sama saat nongkrong bersama teman-teman. Bahkan permainan ini bisa menampung hingga banyak pemain.

Main UNO Stacko dengan berbagai warna atau berbahan kayu tentunya sangat menyenangkan. Apalagi perasaan mendebarkan saat menarik balok dan berusaha untuk tidak menjatuhkan menaranya membuat kumpul sama teman-teman menjadi meriah.

Cara main UNO Stacko kayu bisa dilakukan langsung atau dengan menggunakan dadu. Jika kamu main UNO Stacko kayu menggunakan dadu, maka permaianan tersebut lebih mirip dengan permainan Jenga. Bermain UNO Stacko dengan dadu membuat kamu secara tidak langsung belajar matematika dengan menyenangkan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara main UNO Stacko kayu dari berbagai sumber, Rabu (27/11/2019).

Komponen dan Jenis Balok UNO Stacko

Komponen dan Jenis Balok (Sumber: Uno Rules)

Komponen UNO Stacko

Berikut beberapa komponen pada UNO Stacko:

- 8 Balok Biru

- 8 Balok Merah

- 8 Green Balok Hijau

- 8 Yellow Balok Kuning

- 4 Balok Draw two

- 4 Balok Reverse

- 4 Balok Skip

- 1 Balok Wild

Jenis Balok UNO Stacko

Tidak jauh berbeda dengan permainan UNO dalam kartu, cara main UNO Stacko kayu juga memiliki beberapa tanda atau simbol yang berada pada masing-masing balok.

Berikut beberapa jenis balok yang ada pada UNO Stacko:

- Balok Angka, balok yang memiliki angka pada masing-masing sisinya. Angka pada balok UNO Stacko ini dimulai dari angka 1 hingga 4. Angka-angka tersebut terdapat pada 4 warna yang berada di permainan UNO Stacko, yakni biru, kuning, merah, dan hijau.

- Balok Turn Around atau Reverse, balok yang memiliki simbol dua panah yang saling berlawanan arah. Hal ini menandakan bahwa giliran pemain akan diputar balik.

- Balok Draw 2, balok dengan lambang dua kotak pada tiap sisinya. Hal ini menandakan bahwa pemain selanjutnya harus mengambil 2 balok dengan warna yang sama pada balok draw 2 block ini.

- Balok Skip, balok dengan lambang lingkaran yang dicoret pada tiap sisinya. Hal ini berarti bahwa pemain selanjutnya tidak akan mendapatkan giliran atau dilewati dalam satu giliran tersebut.

- Balok Wild, balok dengan warna ungu ini dapat diambil kapan saja oleh para pemain. Nantinya, orang yang mengambil balok ungu ini akan menentukan warna apa yang perlu diambil oleh pemain selanjutnya.

Cara Main UNO Stacko Kayu Tanpa Dadu

Menyusun UNO Stacko

Cara main UNO Stacko kayu yang pertama adalah menyusunnya terlebih dahulu. Cara penyusunannya, kamu bariskan 3 balok secara acak pada masing-masing tingkatan atau level. Susunan balok dilakukan secara menyilang antara baris satu dan selanjutnya, begitu seterusnya.

Cara main UNO Stacko kayu

Setelah menyusun semuanya, kamu bisa mulai menerapkan cara main UNO Stacko kayu ini. UNO Stacko sendiri dapat dimainkan oleh 2 hingga 10 pemain. Jadi, jika kamu memiliki teman yang cukup banyak, permainan ini dapat menjadi salah satu rekomendasi yang sangat menyenangkan.

- Pemain pertama harus mengambil balok pada bagian bawah ataupun tengah.

- Setelah balok tersebut diambil, maka pemain tersebut harus meletakkan kembali balok tersebut di bagian atas menara.

- Pemain berikutnya harus mengambil balok dengan warna ataupun angka yang sama dengan yang diambil oleh pemain sebelumnya.

- Permainan terus berlanjut hingga salah satu pemain merobohkan atau meruntuhkan menara UNO Stacko.

Aturan Main UNO Stacko

Cara main UNO Stacko kayu ini tentunya memiliki berbagai aturan. Aturan ini tentunya akan membuat permainan menjadi lebih menegangkan. Kamu bisa membuat aturan permainan UNO Stacko ini sesuai kesepakatan bersam teman-temanmu.

Berikut beberapa aturan yang biasa digunakan dalam menerapkan cara main UNO Stacko kayu:

- Pemain yang mengambil balok hanya diperbolehkan menggunakan satu tangan saja. (Bahkan, ada aturan yang hanya memperbolehkan menggunakan dua jari saja)

- Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika balok-balok bersimbol digunakan oleh pemain lain, maka pemain selanjutnya wajib untuk mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing simbol.

- Balok yang diijinkan diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bawah, balok pada level 1,2, dan 3 pada bagian atas tidak diijinkan untuk diambil.

- Balok pertama yang diambil oleh pemain awal harus balok yang mengandung angka (dilarang keras mengambil balok bersimbol).

- Pemain yang meruntuhkan susunan menara diharuskan menyusun dan menata kembali menara agar dapat dimainkan kembali.

Cara Main UNO Stacko Kayu dengan Dadu

Cara Main UNO Stacko Kayu (Sumber: Carousell)

Berbeda dengan UNO Stacko biasa, Uno Stacko dengan dadu ini cenderung mirip dengan permainan Jenga. Dimana kamu hanya mengambil balok sesuai dengan angka yang keluar dari dadu. Biasanya UNO Stacko yang menggunakan dadu ini terbuat dari kayu.

Untuk cara bermain, secara garis besar mirip dengan UNO Stacko tanpa dadu. Bedanya, hanya dari balok mana yang perlu diambil. Pada penggunaan dadu, maka balok yang diambil adalah sesuai hasil dari 4 dadu yang kamu lemparkan.

Adapun untuk tanda matematika yang digunakan (+, –, x, dan :) untuk menghasilkan angka yang digunakan, hal itu tergantung pada kesepakatakan semua pemain. Entah itu hanya menggunakan tanda tambah (+) saja untuk hasil dadunya, ataupun boleh menggunakan tanda lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Ciputra Meninggal, Sri Mulyani Ungkap Sumbangsihnya untuk Indonesia

Posted: 26 Nov 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha properti Ciputra meninggal dunia. Dia meninggal di usia 88 tahun. Pendiri Ciputra Group menghembuskan nafas terakhir di Singapura sekitar pukul 1.05 waktu setempat, Rabu (27/11/2019).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kesedihan mendalam atas meninggalnya petinggi Ciputra Group tersebut. Menurutnya, Ciputra memiliki perhatian besar terhadap pembangunan pemukiman di Indonesia.

"Sedih banget ya. Pak Ciputra kan seorang tokoh ya, kalau buat saya pribadi karya-karya dia untuk membangun pemukiman selalu dengan satu visi. Tidak hanya sekadar profit ya tapi dia juga komit terhadap lingkungan, detail, saya lihat di beberapa tempat," ujarnya di Kampus UI, Depok, Rabu (27/11/2019).

Sri Mulyani mengatakan, kecintaan Ciputra terhadap seni juga memberikan kenangan bagi Indonesia. Teladan lain dari Ciputra adalah tidak hanya menjalankan bisnis, tetapi mampu membuat orang-orang yang bekerja pada bisnisnya mendapat kehidupan layak.

"Kecintaannya juga kepada seni jadi memberikan suatu ekosistem yang penuh. Saya rasa kita kehilangan tokoh-tokoh yang memiliki pemikiran mengenai bagaimana mereka bisa create bisnis tapi pada saat yang sama juga memanusiawikan ciptaannya itu," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, dirinya sudah lama tak bertemu dengan Ciputra. "Saya sudah lama sekali tidak ketemu sama pak Ciputra. Tapi kayaknya ada beberapa event di mana kita bersama, tapi sangat mengagumi hasil karyanya dia," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Pengusaha Ciputra Meninggal Dunia di Singapura

Founder Ciputra Group, Ir. Ciputra memberi sambutan saat peluncuran buku sekaligus merayakan Ulang Tahun berdirinya Ciputra Grup yang ke 36 Tahun, di Jakarta, Rabu (29/11). Buku tersebut mengenai Biografi tentang Ir. Ciputra. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kabar duka datang dari dunia usaha. Pada hari ini, Chairman dan Founder Ciputra Group, Ciputra meninggal dunia di Singapura.

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl  27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore," ujar Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Rencananya, jenazah akan dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan. Namun, untuk jadwal kepastian pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut setelah jenasah tiba.

"Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepergian Ciputra Membawa Duka untuk Bulutangkis Indonesia

Posted: 26 Nov 2019 08:54 PM PST

Jakarta Klub PB Jaya Raya ikut berduka menyusul meninggalnya pendiri salah satu klub bulutangkis terbesar di Tanah Air dan konglomerat Indonesia itu, Ciputra, di Singapura, Rabu (27/11/2019). 

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tanggal 27 November 2019 pukul 01.05 waktu Singapore," ujar Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari, di Jakarta, Rabu (27/11/2019), seperti dikutip dari Liputan6.com. 

Rencananya, jenazah Ciputra dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan. Namun, untuk jadwal kepastian pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut setelah jenasah tiba.

Seperti dilansir di situs resmi klub tersebut, Perkumpulan Bulu tangkis (PB) Jaya Raya berdiri sejak 1975 di Jakarta. Perkumpulan tersebut lahir atas prakarsa Gubernur DKI saat itu, Ali Sadikin, yang ditindaklanjuti pengusaha, Ciputra. 

Ide tersebut muncul menyusul keberhasilan Rudy Hartono menjadi kampiun All England. Prestasi itu menginspirasi Ciputra untuk membuat klub bulutangkis di Jakarta. Keinginan Ciputra itu lantas disampaikan ke Gubernur Ali Sadikin. Ali Sadikin setuju, namun mengusulkan agar Jaya Raya juga membina cabang olahraga atletik dan sepak bola. 

Dalam perjalanannya, Ciputra membubarkan klub atletik dan sepak bola karena kedua cabang itu dianggap sulit melahirkan atlet juara dunia. Ali Sadikin dengan berat hati menerima keputusan Ciputra tersebut, meskipun ketika itu tim sepak bola Jayakarta telah berhasil menjadi juara di level nasional.

Ciputra berpendapat untuk sekadar juara nasional, biarlah cabang tersebut dibina oleh orang lain. Dia ingin serius dan fokus membina bulutangkis yang mampu berprestasi di tingkat dunia, yang berhasil dilakukan PB Jaya Raya. 

Pada awal berdiri, Jaya Raya menggunakan Hall A di Gor Kuningan, Jakarta Selatan. Saat itu yang menjadi pelatih adalah Retno Kustiyah. Peran Retno tidak hanya sebagai pelatih melainkan juga sebagai supir yang mengantar para pemain berlatih ke tempat latihan.

Seiring dengan berjalannya waktu, pusat pelatihan Jaya Raya kemudian berpindah ke komplek sekolah atlet di Ragunan, Jakarta Selatan. Kemudian, secara legal dan formal PB Jaya Raya berdiri pada 26 Juli 1976. Setelah Retno Kustiyah dan Rudy Hartono, kemudian bergabung para pionier seperti Minarni dan Imelda Wiguna.

 

 

 

Ucapan Duka

Kepergian Ciputra membawa duka bagi dunia bulutangkis Indonesia, termasuk para atlet binaan PB Jaya Raya, seperti Susy Susanti, dan Hendra Setiawan. 

Susy dan Hendra merupakan atlet yang dibesarkan oleh PB Jaya Raya hingga meraih prestasi tingkat dunia, seperti yang diharapkan Ciputra.

Hendra Setiawan dan Susy Susanti sama-sama pernah meraih medali emas Olimpiade, serta gelar bergengsi lainnya termasuk All England. 

"Selamat jalan Om Ciputra, semoga damai di surga. Terima kasih untuk bimbingan dan perhatiannya buat saya, klub Jaya Raya, dan bulutangkis Indonesia," tulis Susy Susanti di akun Instagramnya, disertai unggahan foto bersama Ciputra. 

Disadur dari: Bola.com (Penulis/Editor: Yus Mei Sawitri, published 27/11/2019)

 

 

"Terima kasih Pak Ciputa," tulis Hendra Setiawan. 

 
 
 
View this post on Instagram

Terimakasih Pak Ciputra 🙏

A post shared by hendra setiawan (@hendrasansan) on

Ucapan duka juga datang dari pemain yang bernaung di PB Jaya Raya lainnya, Marcus Fernaldi Gideon. "Selamat jalan Pak Ciputra," tulis Marcus di akun Instagramnya. 

 
 
 
View this post on Instagram

selamat jalan pak Ciputra 🙏🏻

A post shared by Marcus Fernaldi Gideon (@marcusfernaldig) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tes Pramusim MotoGP: Maverick Vinales Sulit Terbendung

Posted: 26 Nov 2019 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jerez - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dari tim Monster Energy Yamaha belum terkalahkan sebagai pebalap tercepat di sesi tes pramusim MotoGP 2020 yang digelar selama dua hari di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol, Senin-Selasa (25-26/11).

Posisi Vinales sebagai yang tercepat juga tak tergusur meski Marc Marquez tampil memuncaki catatan waktu di hari kedua. Itu lantaran torehan gemilang Vinales di hari pertama. Seperti dirilis situs resmi MotoGP, keduanya terpaut 0,689 detik.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) melengkapi peringkat tiga waktu kombinasi terbaik selama tes di Jerez. Pekan lalu, Vinales juga tampil tercepat di sesi tes pramusim yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. 

Pada sesi tes hari kedua MotoGP 2020 yang sebagian besar diganggu oleh hujan, duet Yamaha Vinales dan Valentino Rossi meneruskan pengembangan motor purwarupa YZR-M1 2020.

Vinales menyelesaikan hanya 15 putaran dan mencetak waktu tercepatnya di lap ke-9 untuk finis P3, sementara Rossi menjajal komponen baru di trek basah Jerez dan menyelesaikan 33 putaran.

 

Spesifikasi Masing-Masing

Valentino Rossi cukup optimistis dengan kecepatan Yamaha di MotoGP Thailand (AFP)

Keduanya mendapat jatah masing-masing satu motor spesifikasi 2020, yang memiliki desain tangki yang sedikit berbeda, dan satu motor M1 2019 tersedia di garasi.

"Sesungguhnya saya merasa sangat nyaman dengan motor ini, membalap dengan cara yang sangat baik," kata Vinales seperti dikutip laman resmi tim.

"Kemarin saya merasa fantastis di setiap lap dan itu yang paling penting. Saya mengakhiri musim 2019 dengan perasaan yang baik dan motivasi yang tinggi, dan itu yang terus mendorong kalian ketika menyiapkan musim baru.

"Yamaha bekerja sangat keras, tapi kami masih harus membenahi kecepatan puncak. Tentunya area lain cukup kuat, tapi kami masih harus fokus memperbaiki area lain yang lebih lemah untuk tes berikutnya di Sepang."

Uji Lengan Ayun

Sementara itu Rossi menguji lengan ayun alumunium di kedua motornya pada hari kedua tes Jerez, setelah sebelumnya menggunakan lengan ayun dari serat karbon di hari pertama sedangkan Vinales tampak cukup puas dengan menggunakan lengan ayun alumunium sepanjang tes.

Rossi finis P10 hari itu dan P11 secara keseluruhan, terpaut 1,221 detik dari Vinales.

"Sangat disayangkan cuaca hari ini. Ini adalah hari yang penting karena kami harus bekerja membandingkan antara motor baru dan lama, jadi kami memiliki program yang baik, tapi sayangnya kami hanya menjalani sepuluh lap dalam kondisi kering dan setelah itu sejumlah putaran lainnya dalam keadaan basah," kata Rossi.

"Tapi perasaannya positif, sangat lebih baik dari kemarin. Dalam kondisi kering saya cukup lebih cepat. Saya memperbaiki waktu putaran terbaik dari hari kemarin setelah tiga lap, dan sekarang saya lebih kompetitif.

"Setelah hujan kami bekerja dengan motor baru dalam keadaan basah, dan tak terlalu buruk."

Sesi tes pramusim di Jerez menjadi kesempatan terakhir para pebalap menggeber motor mereka sebelum memasuki jeda musim dingin.

Tes pramusim selanjutnya akan digelar di Sepang, Malaysia pada 7-9 Februari.

 

10 Besar Catatan Waktu Kombinasi Tes di Jerez

1. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1:37,131

2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,689

3. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,706

4. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 0,754

5. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,828

6. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,855

7. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,969

8. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,982

9. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 1,080

10. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 1,122

Saksikan Video Vinales di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Jasa Travel dan Umrah Bodong Berdampak Buruk Bagi Industri Halal Indonesia

Posted: 26 Nov 2019 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia sebagai pangsa pasar produk halal terbesar diharapkan dapat memanfaatkan label halal dengan baik. Jangan sampai produk dan jasa halal menggunakan simbol saja tetapi berkualitas rendah.

"Banyak contoh produk dan jasa yang menggunakan label halal, atau setidaknya dilekatkan dengan kehalalan dengan menggunakan simbol-simbol Islam tetapi justru berkualitas rendah, tidak terjamin bahkan cenderung mengeksploitasi umat Islam," kata Ma'ruf saat menghadiri Konferensi Internasional Halal dan Thoyyib 2019 di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Rabu (27/11/2019). 

Dia juga menyindir fenomena terkait jasa invetasi yang mengaitkan simbol halal tetapi bodong. Seperti jasa travel haji dan umrah yang tidak memberikan pelayanan semestinya. Hal tersebut kata Ma'ruf dapat memberikan dampak buruk bagi industri halal di Indonesia.

"Saya ingin menyampaikan bahwa kasus-kasus tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi perkembangan industri halal di Indonesia," ungkap Ma'ruf Amin

Produk Halal Tidak Memandang Agama

Cawapres Ma'ruf Amin (Liputan6.com / Nefri inge)

Ma'ruf menegaskan pengembangan industri halal harus dilakukan atas dasar kepentingan umat, bangsa dan negara. Sesuai dengan visinya kata dia yaitu menyediakan produk terbaik dan bermanfaat.

"Jangan justru mengeksploitasi menggunakan label halal atau simbol-simbol Islam," kata Ma'ruf.

Dia juga mengatakan pengembangan produk halal harus bersifat universal. Seperti kata dia, visi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

"Saya mengharapkan produk halal bukan hanya untuk masyarakat muslim,tetapi dapat bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia, tanpa memandang perbedaan yang ada," ungkap Ma'ruf.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peternak Ayam Geruduk Kemendag, Tuntut Harga Naik

Posted: 26 Nov 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para peternak ayam yang tergabung dalam Paguyuban Peternak Rakyat Nasional menggelar aksi unjuk rasa di depan Kementerian Perdagangan RI. Lewat aksi tersebut mereka menyampaikan sejumlah tuntutan kepada pemerintah, khususnya Kemendag.

Pantauan Merdeka.com, unjuk rasa berjalan tertib tanpa menggangu kelancaran arus lalu lintas di Jl. Ridwan Rais, lokasi Kemendag berada. Peserta unjuk rasa mengenakan baju putih dan ikat kepala warna merah.

Terdapat sejumlah poin tuntutan yang disampaikan oleh para peternak ayam. Di antaranya, meminta pemerintah menjaga stabilitas harga Ayam Hidup (Livebird) pada Harga Acuan Pemerintah (Permendag No. 96 Tahun 2018). Juga menuntut pengurangan DOC FS broiler 10 juta per minggu untuk mendukung stabilisasi harga Ayam Hidup.

Pengunjuk rasa juga menuntut stabilisasi harga DOC broiler dan pakan serta menuntut Harga Acuan HPP DOC dan Pakan. Mereka juga menuntut revisi UU No. 18 tahun 2009 agar ada keberpihakan kepada Peternak Mandiri/UMKM.

"Menuntut regulasi yang mengatur perlindungan, penataan dan pengaturan pasar sesuai perintah UU 18/2009. Menuntut ketersediaan jagung dengan harga terjangkau bagi peternak ayam dan menguntungkan bagi petani," kata Koordinator Pengunjuk Rasa, Alvian Antonio, Rabu (27/11/2019).

 

Naikkan Harga

Telur ayam terlihat di sebuah peternakan di kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (23/7). Tingginya harga telur ayam di pasaran karena tingginya permintaan saat lebaran lalu yang berimbas belum stabilnya produksi telur. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Selain menuntut revisi terhadap Permentan 32 dan terbitkan Perpres Perlindungan Peternak Mandiri/UMKM, peternak juga menuntut penerbitan Perpres untuk penataan iklim usaha perunggasan nasional yang berkeadilandan melindungi Peternak Mandiri dan UMKM sesuai UU 2009 jo UU 41/2014 Pasal 33. Ketersediaan akses perbankan bagi Peternak Mandiri/UMKM pun menjadi poin tuntutan.

"Naikan harga ayam kampung dan Pejantan di atas HPP serta memproteksi usaha dari turutsertanya pelaku besar korporasi integrasi berbudidaya ayam kampung/unggas lokal.Usaha ayam kampung dan pejantan ranah usaha Peternak Mandiri/UMKM," imbuhnya.

Peternak juga mendorong pemerintah agar menjalankan amanat UU Peternakan dan Kesehatan Hewan pasal 10, dan menciptakan iklim usaha unggas lokal yang kondusif dari hulu hingga hilir serta segera menyusun dan merumuskan blue print unggas lokal.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Mahfud MD soal Ombudsman Dicuekin Pejabat Pemerintah yang Bandel

Posted: 26 Nov 2019 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menkopolhukam Mahfud Md menyayangkan posisi Ombdusman Indonesia yang masih dipandang sebelah mata oleh pejabat pemerintahan. Padahal, peran ombudsman sangat diperlukan sebagai jembatan antara masyarakat yang haknya dilanggar dengan pemerintah.

"Banyak pemerintah yang mendapat rekomendasi tapi abai," kata Mahfud di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Ombudsman, menurut Mahfud, dibentuk rakyat yang merasa hak-haknya dilanggar oleh pemerintah yang terlalu sibuk dan sistem yang korup dapat ditengahi. Lembaga ini senafas dengan beberapa lembaga-lembaga yang lahir dari rahim reformasi, seperti KPK, MK, LPSK, dan Komisi Yudisial.

"Agar ada rakyat yang tidak mampu menjangkau pemeritah dan pejabat, padahal haknya dilanggar, bisa melapor Ombudsman agar dapat diluruskan," kata Mahfud.

Di beberapa negara, seperti Polandia, Ombudsman diposisikan sejajar dengan presiden, perdana menteri, dan Ketua DPR. Ombudsman berperan mengingatkan kepada pemerintah mengenai pelanggaran yang dilakukan pemerintah dan menyelesaikannya.

"Sehingga sangat berwibawa," kata Mahfud.

Meski demikian, kondisi terbalik terjadi di Indonesia di mana Ombudsman masih dianggap sebelah mata. Padahal Ombudsman sendiri sudah memberikan rekomendasi kepada pejabat atau lembaga pemerintahan terkait.

"Kepada seluruh aparatur pemerintah supaya memperhatikan ini (rekomendasi Ombudsman), jangan sampai berkirim surat berkali-kali enggak ditanggapi," kata Mahfud.

Tak Alergi pada Ombudsman

Mahfud meminta pemerintah tidak alergi dengan Ombudsman, justru seharusnya berterima kasih karena diingatkan adanya pelanggaran terhadap hak rakyat.

"Kuatkan posisi Ombudsman, jangan dianggap musuh, tapi anggap sebagai teman," Mahfud menandasi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Anyaman Ketupat Beserta Memasaknya yang Anti Gagal

Posted: 26 Nov 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mamasak ketupat merupakan salah satu tradisi orang Indonesia untuk perayaan hari raya Lebaran atau Idul Fitri. Namun, sebagian orang masih belum mengatahui cara membuat anyaman ketupat sendiri.

Ketupat merupakan hidangan khas Asia Tenggara maritim yang menggunakan bahan utama beras dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda atau janur. Bagi pemula, cara membuat anyaman ketupat sangat rumit.

Ternyata, cara membuat anyaman ketupat sangatlah mudah jika memerhatikan langkah-langkahnya dengan teliti. Memerhatikan cara memasak ketupat juga perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal alias tidak keras.

Berikut cara membuat anyaman ketupat beserta cara memasak ketupat anti gagal yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/11/2019). 

Cara Membuat Anyaman Ketupat

Janur untuk Ketupat (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bahan yang dibutuhkan:

- Daun kelapa yang masih muda, yang berwarna hijau muda

- Pisau yang tajam

Cara membuat anyaman ketupat untuk pemula:

1. Siapkan janur daun kelapa yang masih sangat muda berwarna putih kekuning-kuningan.

2. Lalu buang batang keras pada daun kelapa tersebut.

3. Ambil satu helai janur. Kemudian gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan kiri dengan posisi bawah janur menghadap ke atas.

4. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan kiri sebanyak tiga kali dengan sedikit ditekan oleh jempol. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.

5. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.

4. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.

5.  Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti menganyam.

6. Teruskan anyaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

7. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Cara Membuat Ketupat dari Magicom

Ketupat / Sumber: iStockphoto

Bahan yang dibutuhkan:

- 1 liter beras

- 10 buah bungkus anyaman ketupat yang sudah dibuat

Cara membuat ketupat di magicom:

1. Rendam beras beras selama 30 menit, lalu cuci dan tiriskan airnya. 2. Masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam kulit ketupat. Isi 2/3 bagian saja, karena nanti beras akan mengembang dan memenuhi kulit ketupat. 3. Siapkan magicom. Setelah itu, masukkan ketupat dan tuang air sampai terendam seluruhnya.

4. Nyalakan magicom dan biarkan ketupat masak selama kurang lebih 3 jam.

5. Setelah ketupat matang, angkat dan tiriskan airnya. Tunggu sampai dingin dan ketupat magicom siap dihidangkan.

Cara Membuat Ketupat dengan Plastik

Lontong dengan Plastik

Bahan yang dibutuhkan:

- 200 gram beras

- Kantong plastik

- 3 liter air

- Garam

Cara membuat ketupat dari kantong plastik:

1. Rendam beras kurang lebih 5 jam, cuci bersih lalu tiriskan.

2. Masukkan beras ke dalam kantong plastik kurang lebih 50 gram di setiap kantongnya. Beri lubang-lubang kecil pada setiap kantong.

3. Masukkan air dan garam halus ke dalam panci presto. Lalu masukkan kantong beras hingga terendam air seluruhnya.

4. Masak ketupat kurang lebih 2 hingga 3 jam.

5. Tambahkan air setiap 30 menit sekali.

6. Setelah matang segera angkat dan tiriskan. Dinginkan ketupat sejenak agar butiran berasnya terbentuk sempurna.

Cara Membuat Ketupat dengan Menggunakan Wadah

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bahan yang dibutuhkan:

- 2 cup beras

- 1 wadah kotak panjang

- 4 cup air

Cara membuat ketupat tanpa janur, daun pisang, dan plastik:

1. Cuci bersih beras.

2. Beri air sebanyak 4 cup.

3. Masak di magicom, tunggu sampai matang.

4. Pindahkan nasi yang sudah matang ke dalam kotak. Tekan-tekan sampai padat dan lembek.

5. Simpan di kulkas selama 2 jam atau lebih.

6. Keluarkan dari kulkas dan dari wadah. Potong-potong, hangatkan dengan memasukkan di magicom atau bisa dikukus sebentar sampai hangat.

Tips Membuat Anyaman Ketupat yang Empuk, Anti Gagal

Kegemukan karena Makan Ketupat Kok Bisa (Shahreen/Shutterstock)

Setelah mengetahui cara membuat anyaman ketupat, ada beberapa tips agar hasil ketupat bisa bagus dan berkualitas. Berikut tips membuat anyaman ketupat yang bagus:

1. Pilihlah janur yang baik. Janur yang memiliki kualitas bagus merupakan janur yang masih berwarna hijau muda kekuningan dan yang masih berusia muda.

2. Pilihlah janur yang lebar juga panjang.

3. Kalau memilih wadah ketupat yang sudah jadi, pilihlah wadah anyaman ketupat yang rapat dan rapi dengan lebar janur beragam. Pasalnya, jika renggang akan membuat beras berhamburan dan lembek.

4. Pilih anyaman ketupat yang ukurannya sama. Hal ini bertujuan agar ketupat matang merata dan  bersamaan.

5. Gunakan beras yang pulen. Karena beras yang pera biasanya masih menyisakan buliran nasi.

6. Lalu, saat mengisikan beras ke dalam bungkus ketupat, pastikan anyaman ketupat tertutup rapat lagi agar beras tidak keluar ketika direbus.

7. Sebelum merebus ketupat yang sudah berisi beras, didihkan terlebih dahulu air dalam panci besar. Siapkan air mendidih sekiranya hingga seluruh ketuoat terendam. Setelah air mendidih, rebus ketupat selama 4-5 jam dengan api sedang. Pastikan seluruh bagian ketupat terendam, karena jika tidak akan membuatnya lembek dan mudah basi.

8. Setelah matang, bersihkan lendir pada bagian luar ketupat dan tiriskan ketupat. Cukup antung ketupat pada tempat terbuka dan buarkan terkena angin. Hal ini bertujuan agar ketupat tidak mudah basi. Untuk itu, pastikan ketupat matang tidak ada air yang tersisa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah Ciputra Dikebumikan Kamis 28 November

Posted: 26 Nov 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah pengusaha properti Ciputra direncakan akan tiba di rumah duka Jakarta paling cepat Kamis, 28 November 2019. Informasi itu disampaikan oleh Bani, pengemudi keluarga pak Ci, sapaan akrab Ciputra.

"Kita belum tahu (kapan waktu pasti jenazah tiba di rumah duka). Belum tahu pasti kita, cuman informasi aja, paling cepat besok," ujar Bani kepada Liputan6.com di rumah duka kawasan Pondok Indah, Rabu (27/11/2019).

Adapun posisi rumah duka Ciputra terletak di kawasan Bukit Golf Pondok Indah, Jakarta Selatan. Selain almarhum, kediaman anak-anak Ciputra juga berada di kawasan Pondok Indah juga.

Bani mengatakan, dirinya memang diberi titah oleh pihak keluarga untuk menginformasikan bahwa jenazah saat ini belum datang di rumah duka. Begitu juga dengan mayoritas keluarga yang masih mengurusi proses pemulangan Ciputra ke Tanah Air.

"Sekarang masih di Singapura untuk pengurusan surat-surat. Prosedur dari Singapura enggak bisa langsung dibawa. Kan harus ke KBRI dulu, ke kedutaan," jelas dia.

Lebih lanjut, Bani menyampaikan, almarhum Ciputra nantinya akan dikebumikan di pemakaman keluarga yang berada di Jonggol, Kabupaten Bogor.

"Disemayamkan di sini, nanti dimakamkan di Citra Indah Jonggol. Di pemakaman keluarga. Itu di Jonggol, di Citra Indah Jonggol," tukas dia.

Pengusaha Ciputra Meninggal Dunia di Singapura

Founder Ciputra Group, Ir. Ciputra memberi sambutan saat peluncuran buku sekaligus merayakan Ulang Tahun berdirinya Ciputra Grup yang ke 36 Tahun, di Jakarta, Rabu (29/11). Buku tersebut mengenai Biografi tentang Ir. Ciputra. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kabar duka datang dari dunia usaha. Pada hari ini, Chairman dan Founder Ciputra Group, Ciputra meninggal dunia di Singapura.

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl  27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore," ujar Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Rencananya, jenazah akan dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan. Namun, untuk jadwal kepastian pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut setelah jenasah tiba.

"Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO:10 Kali Mencuri di Lokasi Berbeda, Polisi Tangkap 3 ABG

Posted: 26 Nov 2019 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tiga anak baru gede atau ABG, sempat terekam kamera cctv. Saat melancarkan aksinya membobol rumah mewah. Ironisnya, saat diperiksa petugas Polrestabes Surabaya, hasil kejahatannya digunakan untuk pesta narkoba jenis sabu.

Beginilah hasil rekaman kamera pengawas cctv yang merekam aksi tiga pelaku yang masih ABG, saat membobol salah satu perumahan mewah di kawasan Surabaya.

Pelaku terlihat membawa sebuah sepeda angin. Meski usianya masih belasan tahun, namun pelaku terlihat lihai dan tenang saat masuk ke rumah.

Pelaku berhasil dibekuk aparat Satreskrim Surabaya, berdasarkan bukti dari rekaman kamera cctv. Modusnya, tiga pelaku membagi peran, satu orang bertugas mengawasi situasi, sedangkan dua orang lainnya melakukan pencurian, dengan cara memanjat pagar rumah.

Dihadapan polisi, komplotannya sudah 10 kali mencuri di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Barang hasil curiannya dijual melalui media sosial, seharga Rp 2 juta, untuk satu unitnya. Uang hasil kejahatannya digunakan untuk pesta narkoba jenis sabu.

Dari tangan para pelaku, polisi menyita barang bukti dua unit sepeda motor, obeng untuk mencukil gembok, telephone genggam, dan uang tunai yang diduga hasil penjualan sepeda angin.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiganya dijerat dengan Pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman pidana 7 tahun penjara. Demikian diberitakan Fokus, 25 November 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Belum Pikirkan Strategi untuk Hadapi Singapura

Posted: 26 Nov 2019 08:35 PM PST

Manila - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengaku belum menyiapkan strategi untuk menghadapi laga melawan Singapura di pertandingan kedua Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Kamis (28/11/2019).  

Timnas Indonesia U-22 mengawali SEA Games 2019 dengan kemenangan 2-0 atas Thailand. Adapun Singapura harus puas bermain imbang 0-0 melawan Laos.

Jadi, bisa dipastikan laga yang akan mempertemukan kedua tim bakal sengit. Pada satu sisi, Timnas Indonesia U-22 berniat melanjutkan tren positif, sedangkan Singapura mengincar kemenangan perdana di SEA Games 2019.

Pelatih Indra Sjafri sadar akan ancaman yang akan diberikan oleh Singapura. Hal itulah yang membuat pelatih asal Sumatra Barat tersebut tak ingin terburu-buru memutuskan strategi untuk melawan Singapura.

"Hasil itu cukup sebagai analisa saya. Tim kepelatihan akan membicarakan bagaimana pendekatan terhadap Singapura siang ini. Game plan akan seperti apa bisa dilihat besok," kata Indra Sjafri kepada wartawan di Manila.

Timnas Indonesia U-22 berada di peringkat kedua Grup B SEA Games 2019 dengan jumlah tiga poin. Adapun Singapura berada di peringkat keempat dengan raihan satu angka.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap / Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 27/11/2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Redam Luka Doncic, Clippers Hajar Mavericks

Posted: 26 Nov 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Dallas- Los Angeles Clippers berhasil mengalahkan tuan rumah Dallas Mavericks 114-99 pada laga lanjutan NBA di American Airlines Center, Rabu (27/11/2019) pagi WIB. Clippers menang usai mematikan bintang Mavericks Luka Doncic.

Doncic sedang fenomenal. Dia terus mencetak di atas 30 poin dalam empat laga NBA terakhir. Doncic juga kerap menorehkan triple double.

Kehebatan Doncic disadari betul oleh Clippers. Mereka berusaha keras mematikan eks pemain Real Madrid ini. Clippers sukses meredam Doncic.

Doncic membuat 22 poin, delapan rebound dan enam assists. Namun pemuda 20 tahun itu dipaksa melakukan tujuh turnover. Akurasi tembakan Doncic juga buruk, hanya memasukkan empat dari 14 tembakan.

Doncic cukup kerepotan menghadapi Kawhi Leonard, Paul George dan Patrick Beverley yang bergantian menjaganya.

 

Kawhi Leonard

Berhasil mematikan Doncic, Clippers tancap gas di paruh pertama pertandingan. Mereka unggul jauh di dua kuarter awal sehingga akhirnya bisa menang dengan selisih 15 poin.

Leonard memimpin perolehan angka Clippers dengan 28 poin, George menyusul dengan sumbangsih 26 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Pernikahan Chairul Tanjung Terungkap

Posted: 26 Nov 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - "Alhamdulillah 25 years #happyanniversary," begitulah keterangan foto yang dituliskan Anita Ratnasari, istri pengusaha Chairul Tanjung pada sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, sepekan lalu.

Bersama haturan rasa syukur, Anita mengungkap foto pernikahannya dengan lelaki yang dinyatakan Forbes sebagai orang terkaya kelima di Indonesia, di mana kekayaan Chairul Tanjung tercatat senilai 3,7 miliar dolar Amerika.

Tampak di sana, keduanya berbusana adat Jawa. CT, begitu Chairul Tanjung acap kali disapa, tampak memakai belangkon berpadan beskap dan kalungan melati khas pengantin lelaki, sementara Anita berias paes.

Atribut tradisional itu terlihat dipadankan bersama makeup dengan sentuhan smokey eyes. Sementara, kumis CT tampak jadi salah satu faktor pembeda tampilannya 25 tahun kemudian.

Pasal, dalam dua slide selanjutnya, Anita membagikan foto kebersamaannya dengan lelaki 57 tahun tersebut dan tak lagi tampak kumis menghiasi wajah Chairul Tanjung.

Perayaan baik ini kemudian disambut doa-doa warga dunia maya. Kebanyakan mereka mengucapkan selamat, bahkan berharap pernikahan Anita Ratnasari dan Chairul Tanjung langgeng sampai maut memisahkan.

Rayakan 25 Tahun Pernikahan

Anita Ratnasari Tanjung dan Chairul Tanjung. (dok. Instagram @anita_chairultanjung/https://www.instagram.com/p/B5SjHokBYtX/)

Di samping mengunggah foto throwback pernikahan mereka, Anita Ratnasari juga memperlihatkan potret lain di mana ia dan Chairul Tanjung tampak merayakan ulang tahun ke-25 perniikahan mereka.

Tampak di sana keduanya mengenakan pakaian senada dengan hitam sebagai warna dasar. Sementara detail baju Anita didominasi gold, CT terlihat sederhana dengan aksen hijau emerald  pada busananya.

Mereka berfoto di depan lampu neon bertuliskan peringatan 25 tahun pernikahan keduanya. Tersenyum ke arah kamera, Anita terlihat menggandeng tangan sang suami.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ramai-Ramai Berburu Lowongan Kerja

Posted: 26 Nov 2019 08:32 PM PST

Pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan saat acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan saat acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan saat seorang perempuan berswafoto pada acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan saat seorang perempuan berswafoto pada acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pencari kerja merias wajahnya sebelum pada acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pencari kerja merias wajahnya sebelum pada acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan saat acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan saat acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Barang Bukti Kasus Produksi Narkoba di Jateng dan Jabar yang Diungkap BNN

Posted: 26 Nov 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat IV Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri mengungkap kasus produksi dan peredaran narkoba jenis PCC di Jawa Barat dan Jawa Tengah. 

Pengungkapan ini dilakukan bersama dengan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN), pada Selasa, 26 November 2019, sekitar pukul 18.00 WIB.

"Modusnya, pabrik di kota Tasikmalaya disamarkan dengan pembuatan sumpit atau copstick. Namun, di dalam ruangan yang tersembunyi diproduksi obat-obatan yang mengandung narkotika jenis PCC," kata Eko dalam keterangannya, Rabu (27/11/2019).  

Lalu, dari tempat produksi di wilayah Tasikmalaya, nantinya hasil tersebut dikirim dan disimpan dalam gudang yang berlokasi di Banyumas, Jawa Tengah.

 

Deretan Barang Bukti yang Diamankan

Deretan barang bukti yang telah diamankan petugas peredaran narkoba jenis PCC di Jawa Barat dan Jawa Tengah. (Foto: Merdeka)

"Rencana pill-pill tersebut diedarkan ke daerah Kalimantan, Jateng, Jatim, Bali dan Jabar," ujarnya.

Deretan barang bukti narkoba yang telah diamankan petugas dalam pengungkapan kasus tersebut, yakni peralatan laboratorium, mesin cetak atau pill press, bahan-bahan baku siap cetak, bahan kimia cair dan padat serta Kl 1.500 000 pil PCC siap edar.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Langkah Manjur Dapatkan Rumah Impian Sebelum Menikah

Posted: 26 Nov 2019 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang menginginkan kehidupan bahagia dalam pernikahannya. Untuk mewujudkan kebahagiaan versi mereka, tak sedikit orang membuat daftar rencana sebelum menikah. Salah satunya adalah memiliki rumah.

Bagi pasangan yang tengah menata masa depan, rumah menjadi salah satu kebutuhan sekaligus aset. Ya, kaum milenial memilih membeli rumah sebelum menikah, untuk meringankan biaya hidup ketika sudah berumah tangga.

Nah bagi kalian yang belum menikah dan mau mendapatkan rumah impian, ada baiknya mengikuti lima cara berikut ini.

1. Prioritas

Untuk memiliki hunian idaman, pastikan kamu konsisten. Ya, kamu harus konsisten mengalokasikan dana dalam sebuah tabungan khusus. Jadikan cita-cita punya rumah ini sebagai sebuah prioritas dengan memiliki sebuah tabungan.

Dalam prioritas itu, pastikan kamu dan pasanganmu menetapkan target jumlah yang dihasilkan untuk menabung atau berinvestasi. Misalnya dari gajimu setiap bulan, porsikan tabungan untuk rumah sebesar 30 persen.

2. Beli dengan Kredit

Ada baiknya kamu sudah mendapatkan rumah impian tiga tahun sebelum menikah. Nah cara mendapatkannya, tunai atau kredit. Enggak sedikit kok yang memilih KPR, dengan membayar biaya uang muka sebesar 30 persen dari harga rumah. Ketika memilih KPR, pastikan kamu dan pasangan mengalokasikan cicilanmu dengan batasan 20-30 persen dari penghasilan setiap bulan. Cara kredit lainnya, kamu bisa juga mengandalkan dengan menggunakan KPR subsidi dari pemerintah, dengan cicilan yang lebih ringan.

3. Emas

Banyak alasan orang memilih menabung emas karena harganya yang tak pernah turun signifikan. Nah menabung emas bisa jadi langkah awal investasi jangka panjang sebelum membeli hunian impian.

4. Kerja Sampingan

Jika kemungkinan uang gajimu tidak cukup cukup untuk membiayai hidup dan angsuran, jangan malas mencari kerja sampingan. Mumpung usia masih muda dan kamu masih menyimpan banyak energi. Harap selalu diingat, menikah itu tidak sekadar cinta. Atur seluruh keuangan secara bijak agar masa depan cemerlang.

5. Keberuntungan

Semua cara di atas sudah kamu coba ditambah dengan memperluas faktor keberuntungan. Siapa tahu kamu memang orang beruntung untuk mendapatkan rumah gratis. Bisa banget!

 

Tukar 100 SmartPoin Bisa Menang Rumah.

Misalnya, dengan mengikuti Program Undian Smartfren WOW periode 1 November sampai 31 Desember 2019. Caranya gampang banget kok, ikuti langkahnya berikut ini:

1. Download Aplikasi MySmartfren

2. Beli Paket Internet di aplikasi MySmartfren, Galeri, dan Outlet terdekat

3. Lakukan panggilan telepon dan sms untuk mendapatkan SmartPoin

4. Tukarkan 100 SmartPoin untuk mendapatkan 1 kupon hadiah 

Dengan mengikuti cara tersebut, semua pelanggan Smartfren baik pascabayar atau prabayar dapat mengikuti Program Undian Smartfren WOW. Nantinya akan dipilih 1000 orang pemenang, dengan hadiah utama berupa satu unit rumah bernilai miliaran rupiah.

Selain rumah, kamu juga berkesempatan dapat hadir seperti 3 Motor Vespa, 1 Mobil Kijang Innova, 5 iPhone XR, 10 Paket Liburan, dan 50 Samsung A10s. Juga ada 100 Bluetooth Speaker JBL, 300 Voucher Pulsa, dan 530 Voucher Belanja 200 ribu.

Ayo buruan kumpulkan dan tukarkan SmartPoinmu, serta temukan banyak kejutan WOW! Siap-siap jadi pemenang ya!

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesta Gol, Bayern Munchen Gunduli Crvena Zvezda 6-0

Posted: 26 Nov 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pesta gol terjadi di pertandingan grup Liga Champions yang pertemukan Bayern Munchen dan Crvena Zvezda Rabu (27/11) dini hari. Bayern Munchen menang tanpa balas 6-0.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: