Rabu, 27 November 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penetapan Harga Solar Subsidi Bakal Gunakan Formula Baru

Posted: 27 Nov 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku sudah menerima surat penyesuaian formula harga solar subsidi dari Kementerian ESDM. Kementerian Keuangan masih melakukan kajian terhadap surat tersebut.

"Sudah, sedang diteliti," ujar Sri Mulyani saat ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/11).

Sri Mulyani mengatakan, harga solar ke depan tidak akan berbeda dengan usulan Kementerian ESDM. Meski demikian, dia enggan merinci, seperti apa usulan ESDM tersebut.

"Rasanya sudah hampir ditetapkan. (Sesuai usulan Menteri ESDM?) Nanti saya lihat," paparnya.

Adapun perubahan formula harga solar harus mendapat persetujuan Kementerian Keuangan. Hal tersebut diatur dalam pasal 14 ayat (3) Peraturan Presiden No.43 Tahun 2018.

Dari informasi yang beredar, usulan mengenai formula baru solar subsidi sudah disampaikan oleh Kementerian ESDM pada 27 September 2019 lalu.

Kementerian ESDM Usulkan Revisi Formula Harga Solar Subsidi ke Sri Mulyani

Petugas mengisi BBM kendaraan konsumen di SPBU milik Pertamina di kawasan Jakarta, Selasa (26/11/2019). Implementasi penyediaan solar dengan minyak kelapa sawit sebesar 30% atau B30 lebih cepat satu bulan, dibanding kebijakan pemerintah yang mewajibkan 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melayangkan surat ke Kementerian Keuangan, untuk merevisi formula pembentukan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar subsidi.

"Itu surat itu sedang kita kirim ke Kementerian Keuangan," kata Pelaksana tugas ‎Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurut Djoko, jika formula yang diusulkan sudah disetujui, maka akan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran BBM. ‎

"Perubahannya tadi usulannya sesuai Perpres kita mengajukan ke Kemenkeu. Kita tinggal menungu dari Kementerian Keuangan," tutur dia.

Namun perihal detail perubahan formula harga solar subsidi, Djoko enggan menyebutkan. "Itu prosedurnya seperti itu udah jangan tapi-tapi," tegasnya.

 

Formula Harga Solar

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berdasarkan surat pengajuan revisi formula harga solar subsidi yang diperoleh Liputan6.com, usulan perubahan‎ dari yang semula 95 persen Harga Indeks Pasar (HIP) minyak solar + Rp 802 per liter, menjadi 100 persen HIP minyak solar + Rp 802 per liter.

Hal tersebut sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 1980 K/10/MEM/2018 tentang Harga Indeks Pasar Bahan Bakar Minyak, HIP Minyak Solar (Gas Oil), didasarkan pada 100 persen harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS) jenis Gas Oil 0,25 persen Sulfur.

Revisi ini ditujukan untuk mengubah Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan pada 2 April 2019.

Ketentuan tersebut menyatakan, harga dasar jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan ditetapkan berdasarkan biaya perolehan yang dihitung secara bulanan pada periode tanggal 25 sampai dengan tanggal 24 bulan sebelumnya, biaya distribusi, dan biaya penyimpanan serta margin.

Dengan begitu, formula harga minyak solar subsidi ditetapkan sebagai berikut : formula 95 persen HIP minyak solar + Rp 802 per liter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun Depan Setop Produksi, Diskon Datsun Hanya Rp12 Juta

Posted: 27 Nov 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu pemain di kelas Low Cost Green Car (LCGC), Datsun dipastikan tak lagi diproduksi Nissan mulai Januari 2020. Kabar tersebut telah dikonfirmasi Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto.

Sebagai salah satu strategi menghabiskan stok kendaraan, beberapa dealer Datsun memberikan penawaran khusus.

"Kalau mau beli sekarang ada diskon hingga Rp10 juta. Nanti bisa diajukan lagi tambahan Rp2 juta. Jadi total potongannya bisa sampai Rp12 juta," kata salah satu tenaga penjual Datsun kepada Liputan6.com, Kamis (28/11/2019).

Saat disinggung inden apabila ingin memilih warna dan tipe mobil yang diinginkan, tenaga penjual tersebut menegaskan saat ini hanya tersedia beberapa tipe dan warna.

"Kalau beberapa tipe ada yang ready stok, cuma untuk warna memang akan kita usahakan sebaik mungkin memenuhi keinginan konsumen. Soalnya produksi Datsun mau berhenti dulu sementara," ujarnya.

 

Harga Datsun

Sebagai informasi, saat ini Datsun menyediakan tiga pilihan model yang bisa dipilih konsumen. Khusus Datsun Go, harga yang ditawarkan mulai dari Rp111,09 juta sampai Rp 159,49 juta.

Sedangkan Datsun Go+ harganya berada di angka Rp119,27 juta hingga Rp 156,91 juta dan Datsun Cross Rp161,49 juta sampai Rp173,99 juta. Ketiganya berstatus on the road Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kronologi Hilangnya Kades Banjarnegara Jelang Pelantikan

Posted: 27 Nov 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala desa terpilih Desa Batur, Banjarnegara mendadak menghilang, padahal Ahmad Fauzi (39) sebulan lagi akan dilantik jadi kepala desa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas, Penyebar Video Penyiksaan Hewan Bisa Dipenjara 7 Tahun di AS

Posted: 27 Nov 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C. - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi mensahkan Undang-Undang Pencegahan Kekejaman dan Penyiksaan Hewan (Preventing Animal Cruelty and Torture/PACT). Hukuman ini berisi larangan penyebaran video berisi kekejaman hewan.

Dilansir USA Today, hukuman bagi pelanggar bervariasi mulai dari denda hingga penjara maksimal 7 tahun penjara. UU ini juga mendapat dukungan kompak dari Partai Republik dan Partai Demokrat.

"Legislasi yang masuk akal sehat ini membatasi pembuatan dan penyebaran video atau gambar penyiksanaan hewan. Adalah hal penting untuk melawan kekejaman yang keji dan sadis ini yang amat tidak bisa diterima di sebuah masyarakat beradab," ujar Trump dalam pernyataannya.

UU PACT diharapkan bisa memberantas tindakan "animal crushing", yakni perilaku menyiksa hewan, terutama yang berukuran kecil, secara keji. Tindakan itu tak jarang direkam dan disebarkan di internet.

Berbagai bentuk "animal crushing" dalam UU ini termasuk sengaja menghantam, membakar, menenggelamkan, mencekik, memenggal, atau segala hal lain yang mengakibatkan luka serius. Yang dilindungi adalah semua jenis hewan mulai dari mamalia seperti kuda, hingga amfibi seperti kodok.

Hukuman di UU ini tidak berlaku bagi pembedahan untuk kepentingan sains.

Kelompok perlindungan hewan juga mengapresiasi UU ini, terutama berkat ruang lingkupnya yang bersifat nasional. Sebelumnya, perlindungan hewan hanya di level negara bagian.

"UU PACT membuat sebuah pernyataan mengenai nilai-nilai yang dianut warga Amerika. Selama berpuluh-puluh tahun, sebuah hukum anti-kekejaman nasional adalah mimpi bagi para pelindung hewan. Hari ini, mimpi itu menjadi nyata," ujar Kitty Block, CEO Humane Society of the United States.

Animal Crushing

Ilustrasi kucing (dok. Pixabay.com/Quangpraha/Putu Elmira)

UU ini didukung oleh Asosiasi Sheriff Nasional dan Perkumpulan Persaudaraan Polisi yang berkata penyiksaan hewan memiliki hubungan dengan kejahatan berbahaya lainnya.

Menurut laporan Newsweek, sebuah studi berjudul Animal Abuse as a Warning Sign of School Massacres: A Critique and Refinement (2014) melaporkan 43 persen pelaku penembahkan sekolah tercatat pernah melakukan penyiksaan hewan.

Studi lain Animal abuse and intimate partner violence (2008) menyebut 57 persen korban kekerasan rumah tangga melaporkan bahwa pelaku kekerasan juga suka menyiksa hewan.

World Animal Protection US berkata video animal crushing disebut jahat karena dicari-cari oleh kalangan tertentu yang memang mendapat kepuasan batin dari menonton video penyiksaan hewan-hewan kecil.

Asosiasi dokter hewan Amerika Serikat (AS) turut menyambut baik kemenangan ini. Presiden Asosiasi Medis Kedokteran Hewan AS menyebut UU PACT adalah kemenangan bersejarah bagi kesejahteraan hewan.

Kejadian di Indonesia

Makanan kucing  (sumber: Pixabay)

Kasus penyebaran video kekerasan hewan juga belakangan ini kerap beredar di Indonesia. Yang terbaru adalah kucing dicekoki ciu oleh Ahmad Azam yang merekam dan membagikan video itu ke medsos.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, Tulungagung. Pelaku menuturkan, penyebab kematian kucing bukan akibat dicekoki ciu seperti yang viral di medsos.

"Berdasarkan laporan dari Polres Tulungagung video viral di medsos tersebut tidak sesuai dengan kenyataannya," kata Barung, Kamis malam 17 Oktober 2019.

Barung mengatakan, peristiwa bermula ketika Azam bersama temannya, Ade Prio pergi ke rumah rekannya, Andra di Desa Dukuh. Saat tiba di rumahnya, mereka melihat Andra tengah bermain bersama kucing kesayanganya.

Namun, kucing tersebut tiba-tiba muntah-muntah. Lalu, salah seorang di antara mereka menyarankan agar dicarikan air kelapa muda dengan maksud untuk menetralkan racun yang mungkin ada di dalam tubuh kucing.

"Akan tetapi usai diminumi air kelapa muda kucing tidak kunjung sembuh, kemudian kucing kejang terus mati. Akhirnya kucing dikuburkan," katanya.

Polisi menduga kucing keracunan setelah memakan bangkai tikus. Hal itu terlihat dari banyaknya bangkai tikus di sekitar lokasi yang diduga mati diracun. Peristiwa itu direkam dan diunggah Azam ke medsos pada Rabu malam 20 Oktober 2019.

"Tetapi dalam upload tersebut oleh Azam diberi keterangan bahwa kucing dibuat percobaan dikasih ciu hingga berlanjut kejadian ini. Perlu diketahui bahwa apa yang ditulis Azam tidak sesuai yang terjadi dan dilakukan hanya untuk iseng," kata Barung.

Penyidik Polsek Gondang, Tulungagung telah mengambil bangkai kucing dan tikus untuk keperluan penyelidikan. Polisi juga telah memeriksa empat orang saksi terkait kasus tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tes Dempetkan Kuku Bisa Ungkap Risiko Kanker Paru, Penasaran Coba?

Posted: 27 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Inggris Tes mendempetkan kuku bisa menjadi salah satu tanda apakah seseorang berisiko kanker paru. Temuan sederhana ini dikemukakan konsultan perawat, Emma Norton dari Inggris. 

Cara menyatukan kuku untuk melihat risiko kanker paru disebut tes Schamroth, lebih lengkapnya bernama Schamroth Window Test. Ketika mendempetkan kuku, akan terlihat apakah ada celah di antara kutikula kuku.

Jika ada celah, maka normal. Sebaliknya, jika tidak ada celah, ini pertanda masalah. Bahwa Anda bisa saja menderita jari finger clubbing.

"Kebanyakan orang yang punya kanker paru tidak tahu kalau jari-jari mereka membesar," kata Norton, dikutip dari Huffington Post, Kamis (28/11/2019). "Tetapi tes  Schamroth termasuk cara paling mudah untuk memeriksa kondisi potensial yang mendasarinya.

"Tes ini digunakan oleh para profesional medis untuk mengkonfirmasikan kondisi pasien. Anda juga dapat melakukan tes sendiri. Dan itu hanya membutuhkan beberapa detik."

Kondisi Finger Clubbing

Jika kuku ada celah, maka normal. Jika tidak ada celah, mungkin menjadi salah satu masalah kesehatan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Finger clubbing adalah ujung jari membesar. Kondisi itu terjadi secara bertahap, menurut Cancer Research UK. Pertama, pangkal kuku menjadi halus, kulit di sebelah dasar kuku menjadi berkilau.

Selanjutnya, kuku mulai melengkung lebih dari biasanya ketika dilihat dari samping (dikenal sebagai tanda Schamroth). Pada tahap akhir, buku ujung-ujung jari mungkin membesar dan membengkak.

Diperkirakan kondisi ini disebabkan pengumpulan cairan di jaringan lunak di ujung jari. Namun, tidak sepenuhnya jelas penyebab terjadinya.

Mendeteksi finger clubbing secara dini dapat menjadi petunjuk pertama dari kelainan mendasar yang serius. Jika diobati, maka bisa disembuhkan. 

"Walaupun mengalami finger clubbing, tidak berarti secara otomatis, Anda menderita kanker paru," lanjut Norton.

Cara Lakukan Tes Schamroth

Tes mendempetkan kuku dikenal dengan sebutan tes Schamroth. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Cara melakukan tes Schamroth, sentuh ujung jari telunjuk di kedua tangan. Posisikan kuku menekuk ujung jari. Kemudian perhatikan, bisakah Anda melihat celah kecil berbentuk tepat di dasar kuku?

"Jika Anda tidak dapat melihat celah, berarti jari-jari Anda termasuk kategori finger clubbing. Anda harus mengunjungi dokter sesegera mungkin. Ini untuk menentukan apakah penyebab finger clubbing," tegas Norton.

"Dokter mungkin meminta Anda untuk rontgen dada, memeriksa jantung (karena finger clubbing dapat menunjukkan penyakit kardiovaskular) dan paru-paru."

Penting untuk dicatat, finger clubbing tidak berarti Anda pasti menderita kanker paru-paru. Tes Schamroth tidak didukung National Institute for Health and Care Excellence (NICE). Tetapi termasuk bagian BMJ Best Practice, alat pendukung bagi para profesional kesehatan di seluruh dunia. 

"Pada akhirnya, tes Schamroth yang digunakan hanya sebagai panduan untuk membantu, apakah Anda harus ke dokter umum," Norton menegaskan.

Tanda-tanda Kanker Paru

Perhatikan tanda-tanda kanker paru. (iStockphoto)

Tidak semua orang yang punya riwayat kanker paru memiliki finger clubbing sebagai gejala. Itu memengaruhi sekitar 35 persen dari mereka dengan kanker paru non-sel kecil dan hanya 4 persen orang dengan kanker paru sel kecil. 

Yang sangat penting, ujar Norton, perhatikan gejala kanker paru, sebagai berikut:

1. Batuk yang tidak hilang setelah dua atau tiga minggu

2. Infeksi dada yang datang-pergi

3. Batuk darah

4. Kelelahan terus-menerus atau kekurangan energi

5. sesak nafas terus-menerus

6. Nyeri atau sakit saat bernapas atau batuk

7. Kehilangan selera makan

8. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

9. Kesulitan menelan

10. Mengi

11. Nyeri dada atau bahu yang tak hilang

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta di Balik Penggerebekan Pabrik Pil PCC Terbesar Indonesia

Posted: 27 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Tasikmalaya Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengungkap jaringan pembuat dan pengedar narkotika golongan I jenis Paracetamol Caffeine Carisoprodol (PCC) terbesar di Indonesia di Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebanyak 9 orang diringkus dalam penggerebekan tersebut.

"Diproduksi cukup lama, jenisnya PCC," ujar Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari, Rabu (28/11/2019).

Penelusuran tim Liputan6.com di lokasi menemukan beberapa fakta seputar penggerebekan pabrik pil PCC yang konon produksinya terbesar di Indonesia tersebut.

Sudah Lama Diintai

Menurut Arman, penggerebekan bangunan di Jalan Syeh Abdul Muhyi, Kelurahan Gunung Gede, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya itu, merupakan hasil kerja sama BNN tingkat provinsi, kabupaten/kota, termasuk aparat kepolisian. "Diintai cukup lama," kata dia.

Saat bersamaan, lembaganya ujar dia, melakukan penggerebekan di tiga lokasi berbeda yakni Kebumen, Kota Cilacap dan Tasikmalaya. 

Dari hasil penangkapan itu, lembaganya berhasil menyita sejumlah barang bukti yakni ratusan ribu pil PCC merek Zenith dan Carnophen siap edar, termasuk bahan baku pembuat pil PCC.

"Untuk Zenith disimpan dalam karung plastik, dan beberapa dus pil merek Carnophen," katanya.

Sementara di Kabupaten Kebumen, petugas berhasil mengamankan sekitar 60 ribu butir PCC, sedangkan di Kota Cilacap, mengamankan 1,29 juta butir PCC yang disimpan dalam sebuah gudang.

"Petugas juga mengamankan alat-alat produksi dan bahan baku obat terlarang tersebut di Tasikmalaya," kata dia.

 

 

Alat Produksi

Sejumlah barang bukti narkoba jenis pil PCC berhasil dipublikan kepada wartawan, hasil penggerebekan yang dilakukan di kawasan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, kemarin (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dari bangunan yang sebelumnya dikenal sebagai pabrik sumpit tersebut, petugas BNN membuat membuat sindikat pembuat narkotika jenis pil PCC itu mati kutu.

Arman mengatakan, selain mengamankan para tersangka, ikut diangkut ratusan ribu pil PCC, berbagai mesin produksi pil PCC mulai mesin pencetak, alat press, oven, hingga obat kimia berbahan cair dan padat.

Namun meskipun demikian, lembaganya ujar Arman, masih melakukan pendataan terkait barang bukti yang berhasil dikumpulkan. "Kita masih atensi," ujar Arman.

Dari hasil pemeriksaan awal, diketahui pabrik itu telah beroperasi selama satu tahun terakhir. Kemudian barang haram tersebut, selanjutnya disimpan di gudang Kota Cilacap, untuk selanjutnya didistribusikan ke wilayah lain di Indonesia via pintu Surabaya.

Modus pemisahan tempat produksi dengan gudang ujar Arman, merupakan hal yang biasa di kalangan para pengedar narkotika untuk menghindari sergapan aparat.

Selain 9 orang tersangka, lembaganya ujar dia, tengah melakukan penyelidikan apakah termasuk jaringan internasional atau tidak.

"Karena bahan bakunya sulit ditemukan dan harganya mahal, pasti ada kaitannya dengan wilayah lain di seluruh dunia," katanya menambahkan.

120 Ribu Butir per Hari

Ratusan ribu narkoba jenis pil PCC, berhasil diamankan petugas BNN Pusat hasil dari penggeledakan yang dilakukan di Kawalu Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, kemarin (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Memiliki bahan serta peralatan yang cukup mendukung, petugas BNN akhirnya berhasil mengungkap produksi pil PCC dengan jumlah fantastis.

"Per harinya dapat memroduksi sekitar 120 ribu butir pil PCC, jumlah itu sangat banyak," ujar Arman.

Menurutnya, lokasi tersebut awalnya digunakan sebagai pabrik sumpit, namun dalam satu terakhir beralih menjadi pabrik pembuatan pil PCC.

Ada sekitar 300 ribu pil PCC siap edar dan bahan baku yang berhasil diamankan.

Selain di Kawalu Kota Tasikmalaya, pelaksanaan operasi gabungan juga dilakukan secara bersamaan di tiga lokasi berbeda, hingga akhirnya mampu dikumpulkan hingga 2 juta pil PCC sebagai barang bukti.

Rinciannya, di kota Tasikmalaya petugas berhasil mengamankan 300 ribu pil PCC merek Zenith yang disimpan dalam karung plastic dan Carnophen dalam beberapa dus.

Kemudian di Kabupaten Kebumen, sebanyak 60 ribu serta di Kota Cilacap, petugas berhasil mengamankan 43 dus atau sekitar 1,29 juta butir PCC dalam sebuah gudang yang diduga barang dari Kota Tasikmalaya.

Menurut Arman, narkoba jenis pil PCC cukup diminati anak muda sebab harganya yang terbilang murah dan terjangkau, sehingga pasarnya dengan mudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. "Termasuk di kota besar di Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi," kata dia.

Atas perbuatannya sesembilan orang yang berhasil diamankan terancam pasal berlapis yakni Undang-undang Kesehatan, Pasal 114 dan Pasal 124 UU Narkotika, Pasal 5 dan Pasal 10 UU Pencucian Uang.

"Minimal itu empat tahun penjara, maksimal hukuman mati," kata dia.

 

Tanggapan Pemkot Tasikmalaya

Sejumlah tersangka yang berhasil diringkus petugas gabungan BNN saat penggerebekan pabrik produksi PCC terbesar tanah air di Kawalu, KOta Tasikmalaya, Kemarin (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Mendapati wilayahnya digunakan sebagai pabrik pembuat pil PCC terbesar tanah air, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengaku mendapat tamparan keras. "Jujur saja kita kecolongan," kata dia.

Menurutnya, selama ini bangunan tersebut digunakan sebagai pabrik pembuatan sumpit, namun akhirnya disalahgunakan untuk pembuatan pil PCC.

"Kejadian ini harus jadi pembelajaran bagi kita semua. Karena hal ini adalah tanggung jawab kita semua," ujar dia.

Untuk menghindari kejadian serupa terulang, lembaganya bakal lebih ketat dalam memberikan izin usaha bagi masyarakat, terutama bagi warga luar kota Tasikmalaya.

"Dari sembilan orang yang ditangkap hanya ada satu warga kota Tasikmalaya," ujar dia.

Namun meskipun demikian, lembaganya mengapresiasi kinerja BNN dan polresta Tasikmalaya yang telah berhasil mengungkap jaringan narkoba jenis pil PCC tersebut. "Alhamdulillah kita masih diselamatkan," ujarnya.

Berkaca dari kasus itu, lembaganya meminta agar masyarakat lebih waspada, termasuk bagi tamu yang datang untuk melapor kepada ketua RT/RW setempat.

"Jika ada kegiatan usaha yang dicurigai dan tertutup, petugas RT dan RW harus mengecek kegiatan dan izinnya," ujar dia.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPhone 2020 Hadir dengan RAM 6GB?

Posted: 27 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple memang sejak awal memang tidak pernah mengungkap berapa RAM yang dipasang ke perangkat buatannya.

Apa yang menjadi alasan Apple melakukan hal tersebut? Hal tersebut hingga saat ini masih membuat banyak pihak bertanya-tanya.

Karena informasi RAM yang Apple pasang ke iPhone tidak diketahui, banyak yang memprediksi smartphone mereka hanya menggunakan RAM 4GB.

Sementara hardware lain di iPhone dan software yang digunakan sudah dioptimalkan Apple berdasarkan RAM itu.

Walau begitu, bukan berarti kemampuan RAM lebih tinggi bukanlah hal yang buruk. Apalagi saat menghadapi penggunaan aplikasi yang makin beragam di smartphone.

Kabar baiknya, Apple diyakini akan menyematkan RAM 6GB untuk produk iPhone 2020. Demikian yang dikutip dari laporan analis Barclys, Kamis (28/11/2019).

 

Naik dari 4GB ke 6GB

Lebih lanjut, laporan tersebut juga menyebut RAM 6GB ini hanya akan terpasang di dua seri smartphone Apple, yakni iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Sementara itu, iPhone 12 hanya akan menggunakan RAM 4GB--sama seperti di iPhone 11 saat ini.

Apple Rilis iPhone SE 2 pada Maret 2020

Selang beberapa bulan meluncurkan ketiga seri iPhone 11, Apple dikabarkan bakal segera merilis smartphone terjangkaunya, yaitu iPhone SE 2.

Berdasarkan analis produk Apple kenamaan, Ming-Chi Kuo, iPhone SE 2 akan dirilis pada awal 2020.

Dikutip dari NDTV, Kamis (31/10/2019), Kuo menyebut iPhone SE 2 mulai masuk produksi pada Januari dan dirilis khir Maret 2020.

Kuo juga mengatakan, iPhone SE 2 akan memiliki tampilan bentuk yang mirip dengan iPhone 8, dan menjadi pilihan bagi pengguna iPhone 6 dan iPhone 6s yang ingin upgrade.

Pakai Chipset A13

Sebelumnya Kuo mengatakan, iPhone ini akan memiliki prosesor A13.

Sama seperti yang dipakai di iPhone 11, seri iPhone SE 2 ini juga akan mengusung RAM 3GB dan mungkin dijual seharga sekitar Rp 5,6 jutaan.

iPhone SE 2 juga tidak akan memiliki fitur 3D Touch, ia akan menggunakan sensor sidik jari Touch ID, bukan Face ID.

Sebelumnya Kuo mengatakan, Apple sedang bersiap untuk merilis iPad Pro baru, MacBook baru dan headset augmented reality (AR) pada paruh pertama tahun 2020.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Meme Kocak Saat Bikin Alis Mata Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 27 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada yang bilang, makeup menjadi  salah satu kunci utama kepercayaan diri bagi wanita. Di mana mereka umumnya tak akan mau keluar rumah kalau bibir belum merah, pipi belum dibedakin, apalagi kalau alis belum tebal dan simetris.

Bicara soal alis, bagi sebagian besar cewek alis adalah mahkota yang wajib dihiasi. Bahkan banyak yang mengatakan jika cewek itu pantang keluar rumah sebelum alisnya jadi rapi. Alis merupakan aset berharga yang harus dipoles. Tujuannya enggak lain biar tambah cantik dan memesona.

Alis ibarat sudah menjadi salah satu belahan jiwanya kaum hawa. Penampilannya enggak lengkap rasanya tanpa lukisan pensil alis. Ternyata banyak juga meme yang menyindir aktivitas cewek yang gemar menggambar alis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 meme kocak saat bikin alis mata ini bikin tepuk jidat, Kamis (28/11/2019).

1. Kalau anak jurusan arsitektur sudah sangat ahli dalam membuat alis seperti ini.

Meme Kocak Saat Bikin Alis Mata Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Instagram/memeIndonesia)

2. Jangan coba-coba ya, senggol bacok lo!

Meme Kocak Saat Bikin Alis Mata Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Instagram/memeIndonesia)

3. Ini sudah menjadi prinsip sebagian wanita.

Meme Kocak Saat Bikin Alis Mata Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Instagram/memeIndonesia)

4. Bisa terjadi Perang Dunia III nih kalau si cowok matahin pensil alis ceweknya.

Meme Kocak Saat Bikin Alis Mata Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Instagram/memeIndonesia)

5. Iya nih, kenapa alis orang-orang pada kayak gini semua ya.

Meme Kocak Saat Bikin Alis Mata Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Instagram/memeIndonesia)

6. Alis idaman para wanita sholehah banget.

Meme Kocak Saat Bikin Alis Mata Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber:Instagram/memeIndonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kocak, Aksi Siswa Masak Mi Instan Saat Praktikum Kimia

Posted: 27 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para siswa Sekolah Menengah Atas, terutama jurusan IPA, praktikum di laboratorium adalah kegiatan yang sering mereka lakukan. Hal ini dikarenakan beberapa mata pelajaran di jurusan tersebut, seperti Kimia, Biologi, dan Fisika, mengharuskan praktik.

Menariknya, yang namanya remaja tentu ada-ada saja tingkah mereka. Ada yang benar-benar serius untuk praktikum saat di labor, ada pula yang kelakuannya nyeleneh.

 

Seperti terlihat dalam video viral yang dibagikan oleh akun Twitter @OhDenay. Dalam video singkat berdurasi tak sampai 10 detik itu, terlihat suasana laboratorium.

 

Selanjutnya

Doc: Twitter.com/@OhDenay

Dari suasana, terlihat para siswa tersebut sedang praktikum pelajaran Kimia. Lucunya, di bagian sudut labor ternyata ada sekelompok siswa yang melakukan kegiatan nyeleneh.

Sekelompok siswa tersebut tampak menggunakan alat laboratorium untuk merebus mi instan. Bahkan, sudah tersedia piring dengan bumbunya.

 

Selanjutnya

Doc: Twitter.com/@OhDenay

Dalam video tersebut juga terlihat salah satu siswa yang mengulurkan telur rebus kepada siswa yang lain. Lucunya, ekspresi mereka dibuat seserius mungkin.

Aksi para siswa yang menggunakan kompor bunsen untuk memasak mi instan tersebut kontan membuat warganet tertawa. Banyak dari warganet yang tak habis pikir betapa beraninya siswa-siswa tersebut memasak mi instan di labor.

 

Selanjutnya

Doc: Twitter.com/@OhDenay

"Cuma lagi ngebayangin lanjutannya ketika aroma dari mie dan telor diaduk bersama bumbu," kata akun @miarantica.

"dikira lagi camping anjay," tulis akun @FitraCntk.

"Mukanya serius banget bazeng, kirain beneran lg ngomongin step di praktikum 'campur ga nih campur campur'," ujar akun @PolosanCihuy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persebaya Surabaya vs Semen Padang Eksklusif di Vidio

Posted: 27 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Persebaya Surabaya kedatangan Semen Padang pada laga pekan ke-29 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (28/11/2019). Bajul Ijo bertekad meneruskan tren positf di Shopee Liga 1 2019.

Tekad untuk meneruskan tren kemenangan itu diusung Ruben Sanadi dkk. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, meminta kepada anak asuhnya untuk tetap berjuang seperti dua laga sebelumnya demi kembali mendapatkan tiga poin.

"Mudah-mudahan kami bisa menjaga tren positif setelah meraih dua kemenangan beruntun. Insyaallah bisa menang ketiga kali. Tapi, tidak mudah untuk mengalahkan Semen Padang," kata Aji Santoso.

"Kami tahu Semen Padang pernah menang di kandang Persija. Untuk itu saya tekankan kepada pemain untuk terus berjuang dan tidak meremehkan lawan," imbuh pelatih asli Malang tersebut.

Kali ini, Persebaya bisa menurunkan komposisi terbaik seiring kesembuhan beberapa pemain yang sempat absen. Tak ada pemain yang juga terkena akumulasi kartu. Otavio Dutra, Novan Sasongko, Aryn Williams, Muhammad Hidayat, dan Irfan Jaya adalah deretan nama yang absen pada pekan lalu.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Persebaya Surabaya vs Semen Padang dimulai pukul 15.30 WIB. Selain di Indosiar, Anda juga dapat menyaksikan Persebaya Surabaya vs Semen Padang dengan mengklik link ini..

Prakiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Mohammad Syaifuddin, Hansamu Yama, Ruben Sanadi; Aryn Williams, Misbakus Solikin, Rendi Irwan; Irfan Jaya, Diogo Campos, David da Silva

Semen Padang: Teja Paku Alam; Roni Rosadi, Muhammad Rifqi, Dedi Gusmawan, Leo Guntara; Yu Hyun Koo, Manda Cingi, Flavio Beck; Dedi Hartono, Vanderlei Francisco, Karl Max

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kronologi Godfrey Gao Meninggal

Posted: 27 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Model sekaligus aktor Godfrey Gao meninggal saat menjalani syuting sebuah acara variety show di China. Gao diduga meninggal karena serangan jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rosa Meldianti Ungkap Komentar Warganet Paling Kejam yang Pernah Ia Terima

Posted: 27 Nov 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komentar warganet acapkali kejam dan julid. Rosa Meldianti berkali-kali merasakannya. Dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com, Rosa Meldianti mengaku hampir semua komentar warganet julid.

Penasaran, kami meminta contoh komentar warganet yang paling kejam. Tanpa berpikir panjang, Rosa Meldianti memberi contoh saat ia menyatakan duka cita atas meninggalnya salah satu artis Korea Selatan, Sulli.

Seperti diketahui Sulli mengakhiri hidup di kediamannya, pada 14 Oktober 2019. Tragedi ini menyita perhatian para pesohor di Asia, termasuk Indonesia. Sayangnya, ungkapan duka cita Rosa Meldianti ditanggapi sinis.

Semua Julid!

Rosa Meldianti  (Kapanlagi/Daniel Kampua)

"Semua julid! Sampai kemarin ada yang bertanya kapan Meldi mau bunuh diri menyusul (maaf) almarhum Sulli. Itu gara-gara saya menyampaikan turut berbela sungkawa atas berpulangnya Sulli," ujar Rosa Meldianti tak habis pikir.

Komentar keji itu tak membuat emosi Rosa Meldianti tersulut. Untuk beberapa saat ia mencoba menenangkan diri.

Tidak Tersulut

Rosa Meldianti (https://www.instagram.com/p/BxgmBAjlqzm/)

"Saat itu saya tidak tersulut lalu menjawab: Kalau saya bunuh diri, siapa yang mau meramaikan Indonesia? Siapa yang akan jadi Cinderella Indonesia?" jelas Rosa Meldianti di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut keponakan Dewi Perssik ini, tak semua komentar warganet harus dimasukkan ke hati. Seiring waktu Rosa Meldianti mencoba bersikap dewasa dengan menyaring komentar netizen yang budiman.

Akun Palsu?

Rosa Meldianti, keponakan Dewi Perssik

"Kalau tersinggung lalu memasukkannya ke hati, kan kita tidak tahu ini orang sebenarnya siapa? Bisa jadi itu akun fake. Lain cerita kalau yang menanyakan atau mengkritik orangtua atau pacar saya, tentu saya perhatikan," beri tahu Rosa Meldianti.

Perlahan, ia mengubah pola pikir. Ada kalanya Rosa Meldianti menganggap celaan warganet hanya angin lalu. "Kalau yang mencela warganet atau haters, saya tidak peduli. Kalian mau ngomong apa pun, ya sudah, sih. Saya anggap itu angin lalu alias hiburan buat saya. Saya juga bukan tipe yang suka melihat komentar warganet satu-satu," Rosa Meldianti menyambung.

Hujatan Itu Tanda Sayang

Rosa Meldianti (Sumber: Instagram/rosameldianti_)

Diakui Rosa Meldianti, kadang ketika sepi hujatan, ia bingung. "Saya kadang malah berpikir orang-orang ini apa enggak perhatian lagi sama saya. Kok enggak komentar? Saya bikin saja video bergoyang eh, ramai lagi saya dihujat," seloroh pedangdut kelahiran Jember, 16 Mei 1996.

Kepada warganet julid, Rosa Meldianti mengirim pesan. "Orang, tuh sebenarnya cuma buang-buang waktu untuk mengomentari atau menghujat saya. Tapi ya terima kasih sudah meluangkan waktu untuk perhatian pada saya. Saya anggap hujatan itu tanda sayang warganet buat saya," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Usut Korporasi Baru Terduga Pembakar Hutan dan Lahan di Kalbar

Posted: 27 Nov 2019 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Barat Kombes Mahyudi Nazriansyah menyampaikan, baru satu korporasi tersangka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berkasnya sudah sampai tahap 1 ke Jaksa Penuntut Umum (JPU), yaitu PT PSL.

"Empat korporasi lainnya sedang melengkapi keterangan ahli. Semoga awal Desember 2019 sudah kami kirim untuk tahap 1 ke JPU," tutur Mahyudi dalam keterangannya, Kamis (28/11/2019).

Sementara, lanjutnya, ada temuan kasus baru terkait korporasi yang diduga terlibat kasus karhutla di Kabupaten Melawi.

"Untuk kasus baru korporasi yang ditangani oleh Polres Melawi, dari Polda Kalbar akan melakukan asistensi untuk mempercepat prosesnya," jelas dia.

Mahyudi menyebut, tim penegakan hukum karhutla Polda Kalimantan Barat sampai saat ini telah memproses 69 kasus. Terdiri dari 63 kasus perorangan dan 6 korporasi, dengan total tersangka 77 orang.

Dari para tersangka karhutla itu, 35 orang telah ditahan. Sementara 42 pelaku lainnya tidak ditahan.

"69 kasus, tahap 1 total ada 15 kasus, yang sudah P21 ada empat kasus, tahap II 43 kasus, dan SP3 hanya 1 kasus. Total lahan yang terbakar 4.563,27 hektare," Mahyudi menandaskan.

Ular Piton Raksasa Hangus Terbakar

Ular piton raksasa terbakar akibat kebakaran hutan Kalimantan. (Facebook: Johan Michael Median Pasha)

Kebakaran hutan di Kalimantan diduga menyebabkan seorang bayi berusia empat bulan meninggal dunia. Bayi bernama Elsa Pitaloka diduga meninggal dunia karena sesak napas akibat menghirup kabut asap kebakaran hutan.

Tak hanya itu, sejumlah hewan pun ikut menjadi korban. Masyarakat sempat dihebohkan dengan penampakan ular piton raksasa penghuni hutan Kalimantan yang hangus terbakar.

Kondisi ular piton raksasa yang terbakar di hutan Kalimantan sangat mengenaskan. Dalam foto yang diunggah akun Facebook bernama Johan Michael Median Pasha, suku Dayak pedalaman hutan Kalimantan menyebutnya Tangkalaluk atau Pyhton Raja Ular Rimba Hutan Belantara Kalimantan.

"Ini adalah salah satu jenis Ular atau bisa disebut ANACONDAnya INDONESIA atau masyarakat SUKU DAYAK PEDALAMAN HUTAN KALIMANTAN menyebutnya: Tangkalaluk/Phyton Raja Ular Rimba Hutan Belantara Kalimantan nan Langka, dimasa lalu dimana dalam mencari mangsa: seperti babi hutan, rusa, harimau dahan dan hewan besar lainnya predator melata itu bisa menirukan suara rusa,orang utan atau suara burung dalam menarik mangsanya). Kepalanya menjuntai di bawah sedangkan ekornya berkait di atas pohon besar untuk memakan mangsanya..Dan kini hangus musnah terbakar," tulisnya.

Bukan hanya ular piton raksasa yang hangus terbakar. Binatang liar yang hidup di hutan Kalimantan juga mati terpanggang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur Rihel mengatakan, kebakaran lahan dan asap yang terjadi saat ini sudah cukup parah. 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendiri Lippo Mochtar Riady Ungkap Jasa Besar Ciputra untuk Indonesia

Posted: 27 Nov 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady, mengapresiasi jasa besar pengusaha properti Ciputra atas perannya dalam membangun Indonesia.

Meski berstatus sebagai rival pada sektor industri properti dalam negeri, ia tak mau menafikan sumbangsih Ciputra yang telah bantu membangun perekonomian Indonesia.

"Ini orang luar biasa. Yang perlu kita menghormati dia adalah dia sudah berjasa dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Dia juga begitu besar jasanya di dalam pembangunan (dan) pendidikan," ujar dia di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Seperti diketahui, pengusaha Ciputra meninggal dunia pada Rabu dini hari kemarin di Singapura. Saat ini, jenazahnya tengah disemayamkan di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

PT Pembangunan Jaya merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh pria yang akrab disapa Pak Ci ini. Saat ini jaringan bisnis Ciputra sudah menggurita.

Di sektor properti atau real estate, Ciputra telah membangun jaringan dari Indonesia bagian barat hingga bagian dari umur. Selama tiga dekade terakhir, Ciputra Group telah berhasil mengembangkan proyek perumahan di 33 kota di Indonesia.

Tak hanya itu, jaringan properti Pak Ci juga menjalar hingga ke luar negeri. Ciputra Group telah menjadi perusahaan global.

Melalui kemitraan, Ciputra Group telah berkembang pesat di Vietnam (Ciputra Hanoi International City), Kamboja (Grand Phnom Penh International City), hingga India dan China (Grand Shenyang International City).

Ciputra Akan Dikebumikan di Jonggol, Bogor

Karangan bunga tanda duka cita meninggalnya pengusaha Ciputra di  Artepreneur Ciputra Word 1, Kuningan Jakarta. Merdeka.com/Dwi Aditya

Pengusaha Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019) dini hari. Rencananya, almarhum akan dikebumikan di pemakaman keluarga di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor.

""Disemayamkan di sini (di rumah duka, Jakarta), nanti dimakamkan di Citra Indah Jonggol. Di pemakaman keluarga. Itu di Jonggol, di Citra Indah Jonggol," ujar Bani, sopir keluarga Ciputra kepada Liputan6.com saat ditemui di dekat rumah duka, Jakarta, Rabu (27/11/2019). 

Sebagai informasi, posisi rumah duka terletak di kawasan Bukit Golf Pondok Indah, Jakarta Selatan. Selain almarhum, kediaman anak-anaknya juga berdiri mengelilingi rumah duka.

Bani mengatakan, dirinya memang diberi titah oleh keluarga untuk menginformasikan bahwa jenazah saat ini belum datang di rumah duka. Begitu juga dengan mayoritas keluarga yang masih mengurusi proses pemulangan Ciputra ke Indonesia.

"Sekarang masih di Singapura untuk pengurusan surat-surat. Kan, prosedur dari Singapura enggak bisa langsung dibawa. Kan, harus ke KBRI dulu, ke kedutaan," jelas dia.

Meski belum tiba di Tanah Air, deretan karangan bunga tanda dukacita telah datang di kediaman Ciputra. Seperti dari Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Bank Mandiri.

Lebih lanjut, Bani mengabarkan, jenazah Ciputra akan tiba di rumah duka di Jakarta paling cepat Kamis besok. Namun demikian, ia belum tahu kapan waktu pastinya.

"Kita belum tahu (kapan waktu pasti jenazah tiba di rumah duka). Belum tahu pasti kita, cuman informasi aja, paling cepat besok," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies-DPRD Teken Nota Kesepakatan KUA-PPAS DKI Rp 87,9 Triliun

Posted: 27 Nov 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pimpinan DPRD menandatangani nota kesepakatan pembahasan Kesepakatan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Nilai untuk KUA-PPAS untuk APBD DKI 2020 tertandatangani Rp 87,9 triliun.

"Ya Alhamdulillah dengan sudah adanya kesepakatan ini insyaallah bisa lebih cepat lagi untuk memproses sehingga bisa tuntas lagi RAPBDnya," ujar Anies di DPRD, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Sebelum meneken nota kesepakatan, angka KUA-PPAS tersebut disetujui dalam rapat Badan Musyawarah, Rabu 27 November 2019. Saat rapat berlangsung sempat mengalami surplus sebesar Rp 369 miliar.

Akhirnya, dana lebih tersebut dialokasikan kepada empat komisi, Rp 100 miliar masing-masing untuk komisi A, B, dan C. Sedangkan komisi D mendapat alokasi Rp 69 miliar.

"Setelah mendengar tanggapan dari pihak eksekutif, dari pimpinan-pimpinan Banggar dan Komisi, apakah rancangan KUA-PPAS APBD DKI 2020 sudah dapat disetujui?" kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu 27 November 2019.

Seluruh anggota dewan dengan kompak menyatakan setuju dengan rancangan anggaran itu.

 

Anggaran Rp 87,9 triliun

Suasana rapat paripurna DPRD  di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (3/10/2019). Rapat paripurna penetapan pimpinan DPRD DKI Jakarta telah selesai, nama-nama ketua dan wakil ketua dari lima fraksi, yakni PDIP, Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN telah ditetapkan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengesahkan Rp 87,9 triliun sebagai pendapatan Kebijakan Umum serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Pengesahan tersebut dilakukan dalam rapat bersama eksekutif DKI Jakarta.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahiim pembahasan KUA-PPAS sebesar Rp 87,956,148,476,363 disahkan," ucap Prasetyo sembari mengetuk palu, Jakarta, Selasa 26 November 2019.

Sebelum angka ini disahkan, sejumlah interupsi berdatangan dari anggota DPRD. Pandapotan Sinaga, anggota Komisi B sempat mempertanyakan pengesahan angka Rp 87,9 triliun.

Pandapotan mengatakan selama pembahasan di komisi, rancangan pendapatan yang dibahas sebesar Rp 89 triliun. Angka ini sebelum adanya efisiensi dalam rapat rancangan KUA-PPAS.

"Komisi B apa yang disepakati di Banggar adalah Rp 89 triliun dan Komisi B konsisten lakukan pembahasan di 89. Dari 89 itu kita lakukan efisiensi Rp 1,6 triliun," kata Pandapotan.

Menanggapi interupsi itu, Prasetyo mengingatkan perubahan angka masih dimungkinkan saat rapat dengan komisi masing-masing. Rapat akan dilakukan setelah nota kesepahaman tentang KUA-PPAS ini diteken.

Politisi PDIP itu juga mengingatkan agar Pandapotan tidak lagi mengacu dengan anggaran sebelum pengesahan.

"Kita sepakati sudah ketok palu hasilnya apapun yang terjadi inilah angka yang turun. Jangan mundur lagi ke belakang," kata Prasetyo.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lippo Lepas Sebagian Saham Ovo karena Tak Setuju Praktik Bakar Uang

Posted: 27 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Lippo Group Mochtar Riady mengatakan, pihaknya kini telah mengurangi sebagian besar kepemilikan saham di perusahaan dompet digital Ovo. Dengan begitu, kepemilikan saham Lippo atas Ovo tinggal tersisa sekitar 30 persen.

"Bukan melepas, adalah kita menjual sebagian. Sekarang kita mungkin tinggal sekitar 30 sekian persen, 1/3. Jadi 2/3 kita jual," ujar dia di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Saat ditanya seputar alasan, Mochtar Riady menjawab, pihaknya tak sejalan dengan Ovo lantara masalah kebijakan bakar uang. Seperti diberitakan sebelumnya, investorn Lippo disebut tidak setuju praktik seperti pemberian diskon dan cashback.

"(Alasannya?) Terus bakar uang, bagaimana kita kuat," ungkap dia sembari tersenyum.

Sebelumnya, pihak Lippo Group sempat menegaskan jika perusahaan tidak akan berpisah dari Ovo. Kabar yang sebelumnya beredar terkait konflik Lippo dan Ovo disebut hanya rumor yang tak berbasis fakta.

"Berita-berita yang mengabarkan adanya rumor bahwa Lippi Group akan meninggalkan dan keluar dari Ovo karena tidak sejalan dengan kebijakan marketing Ovo. Hal tersebut sepenuhnya rumor sama sekali tidak benar dan tidak berdasarkan fakta," ujar Direktur Lippo Group Adrian Suherman beberapa waktu lalu.

Lippo Dikabarkan Hengkang dari Ovo, Benarkah?

Corporate PR Managee Lippo Malls Indonesia, Nidia N Ichsan dan Sr. Branding Manager  Aji Wicaksono saat menggunakan aplikasi OVO untuk bertransaksi pembayaran digital di Plaza Semanggi, Jakarta, Jumat (8/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Visionet Internasional (Ovo) Karaniya Dharmasaputra membantah kabar santer yang menyebut pendiri sekaligus investor strategis Ovo yakni Lippo Group hengkang dari perusahaan.

Kabar ini kian mencuat lantaran Ovo dinilai masih menerapkan sistem 'bakar duit' dimana pemain dan pesaing dompet digital di dalam negeri juga kian menjamur. 

"Soal rumor itu, sama sekali tidak benar. Saya malah beberapa waktu lalu baru saja ketemu dan ngobrol panjang dengan Pak John Riady (Direktur Lippo Group) soal pengembangan Ovo ke depan. Kepada saya, Beliau banyak memberikan masukan dan selama ini sangat suportif terhadap berbagai upaya pengembangan bisnis Ovo," tuturnya kepada Liputan6.com Jumat (15/11/2019).

Dia melanjutkan, perusahaan memiliki misi yang jelas untuk meraih untung. Sebagai pemain baru yang berusia dua tahun, pihaknya menegaskan Ovo kini dalam tahap edukasi dan pengembangan pasar di tanah air.

"Ini penting, karena e-money masih berada di level infancy di Indonesia pada saat ini, dan akan terus berkembang dengan teramat pesat dalam 1-2 tahun ke depan," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 Kata-Kata Rohani Kristen yang Menguatkan, Buat Makin Bersyukur

Posted: 27 Nov 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan bisa membangkitkanmu dari keterpurukan. Kadang-kadang tikungan dan putaran hidup dapat membuat kamu lupa apa yang benar-benar penting. Kamu mungkin mengalami situasi sulit dalam hidup yang membuat dirimu ingin sekali menyerah.

Di sini iman berperan penting untuk kamu mengatasi masalahmu. Iman dan kepercayaanmu kepada Tuhan akan membantu kamu tetap termotivasi, mencapai tujuan, dan keluar dengan kemenangan.

Jika kamu mengalami kesulitan, atau setidaknya membutuhkan motivasi hidup, kata-kata rohani Kristen yang menguatkan dapat membantumu. Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan ini bisa membuatmu melihat kembali cahaya di ujung terowongan yang gelap.

Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan juga bisa membuatmu lebih bersyukur atas apa yang kamu miliki. Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan ini juga membuatmu menyadari bahwa kamu tidak sendiri karena Tuhan selalu di sisimu.

Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan ini menggambarkan bahwa Tuhab selalu mengawasimu di setiap langkah yang kamu jalani. Berikut 30 kata-kata rohani Kristen yang menguatkan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019).

Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan untuk tak patah semangat

ilustrasi semangat (sumber: iStockphoto)

1. "Kadang-kadang kamu harus berdiri diam agar bisa bergerak ke tempat yang Tuhan inginkan." A.A McBride

2. "Lakukan semua yang kamu bisa. Dengan segala cara yang kamu bisa. Di semua tempat yang kamu bisa. Setiap saat kamu bisa. Untuk semua orang yang kamu bisa. Selama kamu bisa. " - John Wesley

3. "Jika kamu bisa melihatnya, kamu bisa mencapainya. Tuhan membantu mereka yang membantu diri mereka sendiri. Kekuasaan adalah tindakan kerendahan hati. " - Patricia Amis.

4. Iman tidak selalu berarti bahwa Tuhan mengubah situasimu. Terkadang itu berarti Dia mengubah dirimu. - Steven Furtick

5. Tuhan mengijinkan kita untuk mengalami titik-titik rendah kehidupan untuk mengajarkan kita pelajaran yang tidak bisa kita pelajari dengan cara lain. - C.S. Lewis

Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan agar selalu dekat dengan Tuhan

Kata Bijak Rohani Kristen (Sumber: Pixabay)

1. "Kita tidak perlu berteriak melintasi ruang untuk menemukan Tuhan. Dia lebih dekat dari jiwa kita sendiri, lebih dekat dari pikiran kita yang paling rahasia. " - A.W. Tozer

2. "Iman sejati berarti tidak menahan apa pun. Itu berarti menempatkan setiap harapan dalam kesetiaan Allah pada Janji-Nya. " - Francis Chan

3. Jangan bergantung pada manusia, karena mereka berubah seperti angin. Bergantung pada Tuhan, dan ketahuilah bahwa Dia setia untuk menaati Firman-Nya. - Matthew Hagee

4. Selama Anda hidup, Anda akan menghadapi masalah. Tetapi Anda melayani Tuhan yang memecahkan masalah. - John Hagee

5. Kunci untuk hidup dalam damai dimulai dengan mengejar Tuhan dan damai yang hanya bisa Dia berikan. - Joyce Meyer

Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan untuk terus berjuang

Kata Bijak Rohani Kristen (Sumber: Pixabay)

1. Tuhan tidak akan membawamu dalam garis lurus. Ada tikungan dan belokan. Ini mungkin tidak terjadi seperti yang kamu pikirkan, tetapi kekecewaan, kehancuran adalah semua bagian dari rencana Tuhan. - Joel Osteen

2. "Pakailah firman Tuhan ketika logika dan perasaan tak mampu membuat keputusan. Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mazmur 119:105)

3. "Apapun yang saya miliki, dimana pun saya berada, saya dapat melewati apa pun di dalam Dia yang menjadikan saya siapa saya." (Filipi 4:13)

4. "Mereka yang selalu berlutut menghadap Tuhan, akan selalu bisa berdiri menghadapi siapapun."

5. "Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hari, Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya." (Mazmur 34:19)

Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan untuk selalu memaafkan

Ilustrasi salib. (Sumber Pixabay/geralt untuk ranah publik)

1. Pengampunan membuka kunci pintu untuk membebaskan seseorang dan menyadari bahwa kamu adalah tahanannya.

2. Alih-alih menghakimi orang, mengapa Anda tidak meluangkan waktu yang sama untuk berdoa bagi mereka, untuk menjangkau mereka, untuk memberi tahu mereka bahwa Anda percaya pada mereka. - Joel Osteen

3. Menjadi seorang Kristen berarti mengampuni yang tidak bisa dimaafkan karena Tuhan telah mengampuni yang tidak bisa dimaafkan di dalam dirimu. - C.S. Lewis

4. Tuhan telah memberi kita dua tangan, satu untuk menerima dan yang lainnya untuk memberi. Billy Graham

5. "Disaat kita dilukai oleh orang lain dengan rasa sakit hati yang kita alami, disaat itu kita harus sadar bahwa Tuhan Yesus mau kita belajar apa arti dari mengampuni."

Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan kepercayaan diri

Ilustrasi percaya diri. (via: istimewa)

1. Ketika kamu menyadari bahwa Allah mengasihimu dan bahwa Dia memiliki rencana untuk hidupmu, kamu dapat berjalan dengan kepala tegak — benar-benar percaya diri dengan siapa yang menciptakanmu. - Joyce Meyer

2. Ada hal-hal yang jauh lebih baik di depan daripada yang kita tinggalkan. - C.S. Lewis

3. Hari kemarin sudah hilang. Hari esok belum datang. Kita hanya memiliki hari ini. Mari kita mulai. - Bunda Teresa

4. Di akhir kehidupan kita tidak akan dihakimi oleh berapa banyak akta yang telah kita terima, berapa banyak uang yang kita hasilkan, berapa banyak hal besar yang telah kita lakukan. - Bunda Teresa

5. Uang tidak akan pernah memberimu kehidupan abadi. Ketenaran tidak akan pernah memberimu kehidupan abadi. Hanya Yesus Kristus yang akan memberimu hidup yang kekal. - Matthew Hagee

Kata-kata rohani Kristen yang menguatkan iman

Ilustrasi berdoa (iStock)

1. Iman bukanlah kepercayaan bahwa Tuhan akan melakukan apa yang kamu inginkan. Ini adalah kepercayaan bahwa Tuhan akan memberikan apa yang benar. - Max Lucado

2. "Tanpa Tuhan, kehidupan tidak memiliki tujuan. Tanpa tujuan, hidup tidak memiliki makna. Tanpa makna, kehidupan tidak memiliki harapan."

3. Janganlah hendaknya kamu khawatir tentang apapun juga, tetapi nyatakan lah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur." (Filipi 4:6)

4. Kristiani tidak berpikir Tuhan akan mengasihi kita karena kita baik, tetapi Tuhan akan membuat kita baik karena Dia mengasihi kita. - C.S. Lewis

5. "Akal budi membuat orang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran."(Amsal 19:11)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MK Tidak Terima Permohonan Uji Materi UU KPK

Posted: 27 Nov 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi menolak uji materi terhadap Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima," ucap Ketua Majelis Hakim MK Anwar Usman di ruang persidangan MK, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Adapun menurut dia, alasan menolak karena pemohon salah obyek. Sehingga permohonan tidak dipertimbangkan lebih lanjut.

"Permohonan para pemohon mengenai pengujian adalah salah obyek. Error in objecto. Permohonan pemohon tidak dipertimbangkan lebih lanjut," jelas Anwar.

Menurut Anggota Majelis Hakim Enny Nurbaningsih, ini diambil usai menerima salinan perbaikan dari pemohon 14 Oktober 2019 usai melaksanakan sidang pendahuluan.

Dari salinan perbaikan tersebut, Pemohon menuliskan UU yang diuji materi adalah UU Nomor 16 tahun 2019, bukan UU Nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

"Bahwa setelah Mahkamah membaca dengan seksama perbaikan permohonan para pemohon tersebut, bahwa ternyata bahwa UU Nomor 16 tahun 2019 yang disebutkan dalam Posita dan Petitumnya sebagai UU perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, adalah tidak benar," jelas Enny.

 

Salah Objek

Menurut dia, UU Nomor 16 tahun 2019 adalah UU tentang perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

"Merupakan permohonan yang salah obyek atau error in objecto," pungkasnya.

Sebelumnya, uji materi dengan nomor perkara 57/PUU-XVII-2019, diajukan oleh 18 mahasiswa dari berbagai universitas.

Kuasa pemohon merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Zico Leonard Djagardo Simanjuntak. Dalam gugatan materinya, para penggugat menyoalkan syarat pimpinan KPK yang diatur dalam Pasal 29 UU KPK.

Sejumlah syarat itu mengatur pimpinan KPK tidak pernah melakukan perbuatan tercela, memiliki reputasi yang baik, dan melepaskan jabatan struktural atau jabatan lain selama menjadi pimpinan KPK.

Zico menilai, pasal tersebut tidak mengatur mekanisme sanksi atau upaya hukum apabila pasal 29 itu dilanggar. Sehingga ada kekosongan norma. Hal itu menyoroti Irjen Firly Bahuri yang menjadi Ketua KPK periode 2019-2023 yang disebut-sebut bermasalah.

Kemudian dari uji formil, para penggugat mempermasalahkan rapat pengesahan UU KPK yang baru pada 17 September 2019 di paripurna DPR yang hanya dihadiri 80 anggota DPR. "Berdasarkan hitung manual, rapat paripurna hanya dihadiri 80 anggota DPR saat dibuka," kata Zico.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Universitas Brawijaya Raih Juara Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah MPR 2019

Posted: 27 Nov 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim perwakilan Universitas Brawijaya (UB), Malang, Provinsi Jawa Timur, Rizqi Bachtiar dan Prischa Listiningrum, raih Juara 1 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) MPR RI 2019, untuk kalangan ASN, Peneliti dan masyarakat umum dengan tema sentral 'Evaluasi Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945', setelah berhasil mengalahkan 9 tim rivalnya dalam putaran Final LKTI MPR, yang digelar di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Sedangkan Juara II diraih perwakilan Universitas Bengkulu Ari Wirya Dinata dan Beni Kurnia Illahi serta Juara III Nasional diraih perwakilan Universitas Brawijaya Malang Nurul Ula Ulya dan Fazal Akmal Musyarri.

Karya Tulis Ilmiah Rizqi dan Prischa dengan judul 'Evaluasi Pelaksanaan UUD NRI 1945: Petisi Daring Sebagai Solusi Penguatan Sistem Demokrasi Presidensial di Indonesia', mampu menarik perhatian tiga Dewan Juri, Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara Unversitas Padjajaran Prof. Susi Dwi Harijanti, Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Prof. Ratno Lukito dan Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia Prof. Ni'matul Huda.

Perjuangan keras pasangan Rizqi dan Prischa dalam menghadapi cecaran pertanyaan-pertanyaan kritis para Dewan Juri sangat luar biasa. Jawaban-jawaban serta penjelasan-penjelasan Rizqi dan Prischa, terkait isi presentasi mampu memuaskan para Dewan Juri.

Usai menerima piala kejuaraan dan sertifikat sebagai Juara 1 Nasional dari Badan Pengkajian MPR RI, Rizqi mengungkapkan rasa bangganya berhasil meraih tempat terhormat. "Kami sangat senang dan bangga. Hal ini akan terus memotivasi kami untuk lebih memperdalam kajian-kajian kami terutama tentang ketatanegaraan," ujar dosen Fisip UB ini.

Rizqi juga menegaskan, pasca kejuaraan nasional tersebut, dirinya akan berupaya menjadikan karyanya bisa menjadi salah satu opsi bisa diterapkan dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia. "Intinya, kami tidak akan berhenti disini. Kami akan terus berkarya. Rasa terima kasih kami tujukan kepada MPR RI yang menggagas kegiatan luar biasa ini," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Prischa menyampaikan apresiasi tak terhingga kepada MPR, sebab ada agenda lomba karya tulis ilmiah yang digelar lembaga tinggi negara yakni MPR, dihadiri langsung pejabatnya yakni para Pimpinan Badan Pengkajian MPR.

"Jadi yang kami rasakan, saat kami finalis lomba mempresentasikan langsung karya ilmiah kami di depan Anggota MPR secara langsung, itu suatu kepuasan tersendiri. Terkait, karya-karya tulis yang masuk ke MPR, saya harap ditindaklanjuti dengan dikaji kembali, didiskusikan kembali di MPR, sehingga bisa diimplementasikan, untuk perbaikan sistem ketatanegaraan ke depan. Tidak hanya sekedar menjadi gagasan semata," ujar Dosen Fakultas Hukum UB ini.

Mengapresiasi para juara, Prof. Susi Dwi Harijanti menyatakan rasa bangganya kepada seluruh finalis yang merupakan generasi muda luar biasa dengan pemikiran-pemikiran tentang ketatanegaraan yang berkualitas.

"Saya kagum, ternyata mereka bukan generasi yang 'abai' terhadap ketatanegaraan Indonesia terutama terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Mereka adalah generasi muda yang responsif. Ini terlihat dari karya-karya ilmiah mereka. Tema-tema mereka sangat bagus, terlepas dari sebagai sebuah karya ilmiah, memang ada poin-poin yang mesti harus diperbaiki," terangnya.

Diungkapkan Prof. Susi, apresiasi luar biasa juga diarahkan kepada MPR RI yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. MPR melalui Badan Pengajian memfasilitasi keikutsertaan masyarakat dalam menghasilkan buah pikir terhadap ketatanegaraan Indonesia.

"Sekarang pasca lomba, bola ada di tangan MPR. Dokumen-dokumen masukan dan buah pikir yang sangat bagus-bagus itu, mau digunakan seperti apa, itu tergantung dari para Pimpinan dan anggota MPR," tambahnya.

Sedangkan Prof. Ni'matul Huda menegaskan bahwa kegiatan perlombaan seperti yang digagas MPR ini, perlu lebih dimassifkan lagi ke depannya, kalau perlu dilaksanakan di daerah-daerah secara luas. Sebab, banyak sekali potensi-potensi pemikiran yang bagus-bagus tentang kenegaraan, ada di daerah-daerah bahkan yang terpencil sekalipun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Minta Dukungan Swedia agar Indonesia Jadi Anggota IMO

Posted: 27 Nov 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggalang dukungan suara untuk menjadi anggota Organisasi Maritim Internasional (IMO) dari beberapa negara anggota dewan. Salah satu negara yang dituju ialah Swedia.

Pada pertemuan di sela sidang majelis IMO ke-31, Budi Karya secara khusus melakukan lobi kepada Menteri Infrastruktur Swedia Thomas Eneroth agar Swedia dapat memilih Indonesia sebagai anggota dewan IMO kategori C serta mendukung pencalonan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi auditor eksternal IMO.

"Dengan dukungan Swedia terhadap Indonesia, saya percaya dapat mempererat kerja sama yang telah terjalin antar dua negara," tutur Budi Karya, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (27/11/2019).

Sementara, kerja sama yang telah terjalin antar dua negara sejak 2016 meliputi tanda tangan Letter of Intent on Transportation antara Kemenhub dengan Ministry of Enterprises and Innovation of Sweden.

Kemudian, kerja sama dilanjutkan dengan penandatanganan MoU yang mencakup kerja sama di bidang transportasi udara, darat, laut, kereta api, dan peningkatan kapasitas SDM di bidang transportasi.

 

Air Transport Agreement

Menhub, Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Rabu (24/4). Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta hampir 100 persen, sementara progres pembangunan keseluruhannya termasuk domestik mencapai 47 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansya

Selain itu, dilakukan pula penandatanganan Air Transport Agreement di Copenhagen tahun 1971 silam.

Pada tahun ini Indonesia bersaing dengan 25 negara untuk mendapatkan salah satu kursi dari 20 kursi yang tersedia guna menjadi anggota dewan IMO Kategori C Periode 2020-2021. Indonesia menargetkan dapat menggalang sedikitnya 135 dukungan dari 174 negara anggota IMO agar bisa masuk menjadi Dewan IMO Kategori C.

Saat ini Indonesia telah menerima 111 dari 174 negara anggota IMO. Pada periode 2018-2019, Indonesia berada di posisi ke-9 dengan meraih jumlah dukungan dari 132 negara anggota IMO.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Anthony Davis Bawa Lakers Kalahkan Mantan Klub

Posted: 27 Nov 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, New Orleans- Anthony Davis untuk pertama kalinya kembali ke Smoothie King Center pada Kamis (28/11/2019) siang WIB. Davis tanpa ampun membantu tim barunya Los Angeles Lakers menekuk mantan klubnya New Orleans Pelicans 114-110 pada lanjutan NBA 2019-2020.

Davis pindah dari Pelicans musim panas lalu. Lakers melakukan trade dengan memberikan beberapa pemain muda seperti Lonzo Ball, Josh Hart dan Brandon Ingram.

Meski dicemooh fans, Davis tetap tampil cemerlang dengan membuat 41 poin dan sembilan rebound. Ini menjadi pencapaian terbaik Davis di NBA 2019-2020.

Pada laga lanjutan NBA kali ini, Lakers terlambat panas. Pada kuarter pertama, Lakers tertinggal jauh 38-25 dari Pelicans. Di kuarter dua Lakers memangkas jarak sehingga saat jeda tertinggal 10 poin saja.

Di awal kuarter tiga, Lakers kembali tampil buruk. Pelicans sempat memimpin sampai 16 poin. Untungnya keadaan ini tak berlangsung lama, Davis membantu Lakers memangkas jarak menjadi tetap tertinggal 10 angka meski sempat diganggu cedera siku.

 

 

Kuarter Empat

Pemain Lakers Anthony Davis melakukan slam dunk (AP)

Lakers menggila di kuarter empat. Walau Davis sempat istirahat sebentar, Lakers mampu membalikkan keadaan berkat aksi Kyle Kuzma yang membuat tiga kali tembakan tiga angka di kuarter empat.

Selain menjadi pengumpul angka terbanyak, Davis juga menentukan kemenangan Lakers. Saat tim cuma unggul dua poin dengan tersisa empat detik, Davis melakukan steal penting sehingga memaksa Brandan Ingram melanggarnya. Davis kemudian dengan tenang mengeksekusi dua hadiah free throw.

 

James

LeBron James juga tampil bagus di laga ini. LeBron membuat 29 poin, 11 assists dan lima rebound.

Di kubu Pelicans, Jrue Holiday hampir menorehkan triple double dengan 29 angka, 12 assists dan enam rebound. Sedangkan Ingram finis dengan 23 poin dan 10 rebound.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajak Sang Ibunda, Ini 7 Momen Tissa Biani Laksanakan Ibadah Umrah

Posted: 27 Nov 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tissa Biani merupakan salah satu selebriti Tanah Air yang dikenal multitalenta. Wanita kelahiran Jakarta, 24 Juli 2002 ini sudah mulai berkarier sejak kanak-kanak. Namanya semakin melambung sejak bermain sinetron Pesantren Cinta pada 2008 silam.

Kini di usianya yang masih 17 tahun, Tissa Biani sudah membintangi banyak sinetron hingga film layar lebar. Selain berakting dan menjadi pembawa acara, pemilik nama lengkap Tissa Biani Azzahra ini juga jago bermain gitar dan menari.

Melalui akun Instagram dan channel YouTubenya, Tissa kerap mengunggah video saat mengcover lagu-lagu. Wanita yang ramah senyum ini juga memiliki banyak penggemar, tak heran jika kabar terbarunya selalu ditunggu-tunggu.

Diketahui Tissa Biani tengah menjalankan ibadah umrah. Tak hanya sendirian ia juga mengajak sang ibunda untuk beribadah bersama. Cewek 17 tahun ini membagikan momen umrah di tanah suci tersebut di akun Instagramnya.

Penampilam Tissa Biani juga mencuri perhatian, ia terlihat begitu cantik dengan balutan hijab. Penasaran seperti apa momen umrah Tissa Biani? Berikut potretnya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019).

1. Tissa dan sang ibunda di Bandara Soekarno Hatta saat akan berangkat Umrah.

Tissa Biani (Sumber: Instagram/@tissabiani)

2. Penampilan cewek 17 tahun ini berhasil mencuri perhatian, ia terlihat begitu cantik dalam balutan hijab.

Tissa Biani (Sumber: Instagram/@tissabiani)

3. Tissa Biana mengabadikan momen bersama sang ibunda di depan Masjid Nabawi.

Tissa Biani (Sumber: Instagram/@dianestining68)

5. Selain beribadah, Tissa Biani juga melakukan syuting untuk web series terbarunya.

Tissa Biani (Sumber: Instagram/@dianestining68)

6. Sejak terjun di dunia entertainment, impian Tissa adalah memberangkatkan umrah ibunya. Kini impiannya tersebut sudah terwujud.

Tissa Biani (Sumber: Instagram/@tissabiani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rektor Unimor NTT Ditemukan Tewas di Kamar Hotel

Posted: 27 Nov 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Arnoldus Klau Berek, Rektor Universitas Negeri Timor (Unimor) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, ditemukan meninggal di sebuah kamar hotel di Kota Kupang, Kamis pagi (28/11/2019). Belum diketahui penyebab meninggalnya Arnoldus.

Saat ini, jenazah Arnoldus dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Kupang.

Kepala Bidang Humas Polda NTT AKBP Johannes Bangun membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan, saat polisi sudah di lokasi kejadian. 

"Polisi sedang melakukan olah tempat kejadian di hotelnya," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Kupang Kota Iptu Bobby Jacob Mooynafi mengatakan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi.

"Jenazah Rektor Unimor sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang. Kami masih di lokasi," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uji Coba Rampung, B30 Siap Diterapkan Mulai 2020

Posted: 27 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan pemangku kepentingan telah menyelesaikan rangkaian uji coba penerapan pencampuran 30 persen Fatty Acid Methyl Ester (FAME) yang berbahan baku minyak sawit dengan solar (B30). Hasilnya, program tersebut siap diterapkan mulai 1 Januari 2020.

Kepala Balitbang ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, berdasarkan hasil uji coba, Kementerian ESDM mengeluarkan rekomendasi teknis terkait implementasi mandatori B30 pada tahun 2020 kepada publik.

"Rekomendasi teknis B30 ini kami sampaikan berdasarkan hasil jalan, uji performa kendaraan, monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh tim teknis," kata Dadan, di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Dadan melanjutkan, dari rekomendasi tersebut program mandatori B30 akan mulai diberlakukan pada  2020. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 Tahun 2015.

"Secara umum dari hasil uji jalan B30, maka B30 siap diimplementasikan pada kendaraan bermesin diesel per 1 Januari 2020," tutur Dadan.

 

Isi Rekomendasi

Kendaraan Uji Coba B30 (dok: Pebrianto Eko WIcaksono)

Secara teknis rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian ESDM, antara lain penanganan dan pencampuran‎ B30 untuk menjaga kualitas B30, proses pencampuran, penyimpanan, dan penyaluran perlu pengendalian dan monitoring secara berkala.

Untuk memperoleh campuran B30 yang homogen, metode blending harus sesuai dengan pedoman umum dan menggunakan sarana prasarana yang memenuhi standar.

"Dengan selesainya uji jalan (road test) B30 ini, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sehingga Uji Jalan B30 dapat terselenggara dengan baik," tandasnya.

 

 

Terminal BBM Pertamina Mulai Uji Coba B30

Sampel biodiesel B0, B20, B30, dan B100 dipamerkan saat uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

PT Pertamina (Persero) memulai persiapan uji coba pencampuran 30 persen biodiesel dengan (B30) di sejumlah Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM). Hal ini ‎sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menerapkan mandatori B30 pada Januari 2020.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, TBBM yang diujicoba akan menjadi pelopor pencampuran FAME (Fatty Acid Methyl Ester) sebagai bahan baku biodiesel dengan Solar, sehingga saat penerapan B30 Pertamina sudah siap menyalurkan solar tercapur biodiesel 30 persen.

"Sehingga pada Januari 2020, Pertamina sudah siap melakukan pencampuran B30," kata Fajriyah, di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, ‎uji Coba ini akan dilakukan secara bertahap sebelum akhirnya diterapkan secara menyeluruh. Pada 21 November 2019 akan diterapkan di dua TBBM yaitu Boyolali dan Rewulu. Selanjutnya pada akhir November akan diberlakukan di TBBM Balikpapan dan Desember 2019 akan dilanjutkan di TBBM Medan Group, Jakarta Group dan TBBM Panjang, RU III Plaju dan RU VII Kasim.

"Pelaksanaan uji coba (B30) yang berlangsung hingga 31 Desember 2019 ini dilaksanakan dengan mengacu pada ketentuan yang diatur dalam Kepmen ESDM 227/2019," ujarnya.

Dia mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, realisasi penyerapan FAME terus mengalami kenaikan. Pada 2017, penyerapan FAME mencapai 2,51 juta Kilo Liter (KL). Kemudian naik menjadi 3,2 juta KL pada tahun 2018.

"Dan hingga Oktober 2019, total penyerapan FAME oleh Pertamina sudah mencapai 4,493 juta KL," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarahwan: Agnez Mo Tidak Salah soal Ucapan Tak Berdarah Indonesia, Tapi...

Posted: 27 Nov 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan penyayi Agnez Mo saat diwawancari dalam sebuah program televisi di Amerika Serikat (AS) menuai berbagai kontroversi di tengah publik Indonesia.

Pernyataan dia yang menyebut bahwa dirinya tidak memiliki darah Indonesia dianggap oleh beberapa publik kurang tepat. Karena tidak mencerminkan semangat ke-Indonesiaan.

Sejarahwan Indonesia Bonnie Triyana melihat masalah ini dari sudut pandang yang berbeda. Menurut dia, tidak ada yang salah dengan apa yang disampaikan oleh Agnez Mo saat itu.

"Kalau dia ngomong secara (konteks) biologis ya memang tidak ada yang salah dengan pernyataan itu," kata Bonnie saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (27/11/2019).

Sebagai bangsa yang majemuk, Bonnie menyebutkan bahwa Indonesia tidak disatukan dengan ikatan darah. Kata alumnus Universitas Diponegoro (Undip) itu, Indonesia sebagai identitas kebangsaan baru muncul pada awal abad ke-20.

"Yang menjadi masalah adalah ketika dia menarik diri, membedakan seolah dia orang yang asing di tengah masyarakat Indonesia," ucapnya.

Menurut Bonnie, dalam sisi wawancara itu Agnez kurang tepat karena mencoba untuk mengasingkan dirinya dari identitas masyarakat Indonesia.

"Indentitas orang kan tidak semata-mata genetik, identitas orang kan tidak semata-mata ciri-ciri biologis fisik, mata sipit, badan warna, kulitnya kuning bukan begitu. Itu kan salah satu faktor aja ciri-ciri fisik. Tidak menentukan dia yang sesungguhnya melambangkan identitas dia. Kan ada soal kultural yang ikut menyumbangkan identitas seseorang dan identitas Indonesia sendiri kan konstruksi politik," ucap dia.

Bonnie menduga apa yang disampaikan Agnez untuk menaikkan pamor dia atau posisi dia di mata publik internasional dengan mengalienasi dirinya dari masyarakat Indonesia.

"Semestinya enggak begitu. Menjadi orang Indonesia kan bukan berarti ketinggalan zaman atau gimana," ujarnya.

 

Konsepsi ke-Indonesiaan

Penyanyi Agnes Monica bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Menurut Bonnie, bangsa Indonesia berbeda dengan bangsa lainnya. Konsepsi kebangsaan Indonesia dibentuk berdasarkan nilai bukan darah. Hal ini karena bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa.

"Karena konsep nationality-nya itu nasionalisme modern. Bukan lagi kesamaan-kesamaan yang sifatnya sempit ya kaya kesamaan agama, kesamaan ras," papar dia.

"Tapi lebih kepada konsensus bersama. Jadi kaya semacam social contract gitu loh. Ada hukum yang mengatur itu juga," lanjut dia.

Hal ini sejalan dengan konsepsi yang dicetuskan oleh akademisi dari Cornell University, AS, Benedict Richard O'Gorman Anderson atau akrab dengan sebutan Ben Anderson terkait imagined communities atau komunitas terbayang.

Menurut Bonnie, konsepsi Indonesia juga didasarkan pada komunitas terbayang. Ia tidak didasarkan pada interaksi sehari-hari antaranggotanya.

Anderson sendiri percaya bahwa sebuah bangsa adalah komunitas yang dikonstruksi secara sosial, dibayangkan oleh orang-orang yang memandang dirinya sebagai bagian dari kelompok tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Tito Karnavian Minta Komisi II Lobi Kemenkeu Naikan Bantuan Parpol

Posted: 27 Nov 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta bantuan Komisi II DPR RI agar Kemenkeu menyetujui usulan kenaikan bantuan untuk partai politik.

"Kami sudah berunding dengan kemenkeu, masalah dukungan parpol ini. Kami mohon dukungan komisi II juga bisa diperjuangkan agar parpol bisa dapatkan anggaran lebih besar," kata Tito dalam rapat di Komisi II DPR RI, Kamis (28/11/2019).

Tito menyebut kenaikan anggaran parpol diperlukan agar operasional partai dapat berjalan baik.

"Untuk survivenya operasionalnya parpol. Kami menggunakan prinsip programs follow money. Moneynya sudah disiapkan, otomatis program dengan output sasaran di 2020 kami akan kerjakan berdasarkan anggaran-anggaran ini," ucapnya.

Sementara itu, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo menyebut dana bantuan partai saat ini adalah Rp 1.000 per suara.

Naikkan Anggaran

Namun belakangan anggota DPR banyak menyarankan agar jumlah itu dinaikkan menjadi Rp 2.000-5.000.

Selain itu, pemerintah pusat melalui Bappenas juga berencana menaikkan dana bantuan mencapai sekitar Rp 6 triliun per tahun. Bantuan tersebut akan direalisasikan pada 2023.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Godfrey Gao Meninggal, Raline Shah Kaget

Posted: 27 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian aktor Taiwan Godfrey Gao membawa duka mendalam, bukan saja bagi penggemarnya di sana tapi juga Indonesia. Salah satu yang bersedih adalah Raline Shah.

Raline Shah begitu kaget mendengar kabar meninggalnya Godfrey Gao secara mendadak.

Pemain film Surga yang Tak Dirindukan 2 ini baru saja mendarat saat mendengar kabar sedih, Godfrey Gao pergi untuk selama-lamanya.

Hal itu diungkapkan Raline Shah, di akun Instagramnya, Kamis (28/11/2019), "Just landed to receive this sad news of a star gone too soon."

Bertemu

Godfrey Gao dan Raline Shah (Foto: Instagram/@ralineshah)

Raline Shah mengingat kembali pertemuan yang seharusnya terjadi antara dirinya dan Godfrey Gao. "We were meant to meet in Kuala Lumpur last month for a charity dinner but didn't manage to do so," lanjutnya.

 

Takdir Berkata Lain

Raline Shah. (Foto: Instagram/@ralineshah)

Namun, keinginan Raline Shah untuk bertemu lagi dengan Godfrey Gao tak bisa terwujud. Sebelumnya, mereka sempat bertemu di Shanghai, China.

"I was convinced our paths would soon cross again but alas, it was just not meant to be," sambungnya.

 

Sebagai Pengingat

Kematian Godfrey Gao ini menjadi pengingat Raline Shah mengenai kematian. "We often often forget how fragile life is and this is a big reminder. Rest in Peace Godfrey. Gone to soon...," pungkasnya.

Gagal Jantung

Meninggalnya aktor 35 tahun ini terjadi secara mendadak. Dilansir dari BBC, Rabu (27/11/2019), ia tutup usia saat menjalani syuting sebuah variety show di China, Chase Me.

"Setelah dua jam berusaha menyelamatkannya, pihak rumah sakit mengumumkan ia meninggal mendadak karena gagal jantung," kata sumber yang dihimpun The Hollywood Reporter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Tersingkir dari Liga Champions Junior

Posted: 27 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona- Nasib berbeda dialami tim junior Barcelona di Liga Champions. Bila Lionel Messi cs berjaya maka tim junior Barcelona babak belur dan harus menerima kenyataan pahit tersingkir lebih awal dari Liga Champions Junior.

Barcelona junior takluk di kandang sendiri dari Borussia Dortmund, Rabu (27/11/2019). Sempat unggul lebih dahulu melalui Gerard Fernandez Castellano, tim asuhan Franc Artiga kalah 1-2.

Dua gol kemenangan Dortmund dicetak oleh Giovanni Reyna dan Tobias Raschi.

Kekalahan tersebut membuat Barcelona menjadi juru kunci grup. El Barca baru mendapat tiga poin saja dari lima pertandingan.

Dengan tersisa satu laga lagi maka mustahil Barcelona lolos ke babak selanjutnya. Pasalnya Inter Milan, Borussia Dortmund dan Slavia Praha sama-sama sudah mendapat sembilan poin.

 

Senior

Bila tim junior babak belur, Barcelona senior justru perkasa di Liga Champions. Mereka menjadi juara Grup Grup F. Blaugrana sudah mengoleksi 11 poin, unggul empat dari Inter Milan dan Borussia Dortmund.

Pada matchday kelima, Barcelona menang telak 3-1 atas Dortmund di Stadion Nou Camp. Lionel Messi mencetak satu gol dan memberikan dua assists.

La Masia

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

Hasil negatif ini sekaligus menandai makin terpuruknya akademi Barcelona La Masia. Sejak Lionel Messi, praktis tidak ada pemain hebat lain yang dilahirkan La Masia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Joshua Suherman Bersama Grup Bandnya Yowis Ben

Posted: 27 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berawal dari sebuah film Yowis Ben I tahun 2012, yang dibintangi oleh Bayu Skak, kini Joshua Suherman memiliki grup band impiannya. Nama dari grup bandnya pun sama seperti yang ada di film tersebut, yaitu Yowis Ben.

Dalam film, karakter Bayu yang diperankan Bayu Skak mengajak Doni yang diperankan Joshua Suherman membentuk sebuah band bersama dengan Nando yang diperankan Brandon Salim dan Yayan yang diperankan Tutus. Band tersebut pun diberi nama Yowis Ben, sebuan band yang ada di dalam film.

Kesuksesan film Yowis Ben, akhirnya grup band Yowis Ben ini berlanjut aksinya di panggung sungguhan, bukan dalam film. Nama bandnya pun tak berganti, sama seperti yang ada di film. Band ini pun benar-benar terbentuk dan diisi oleh para pemain yang memerankan karakter dalam film tersebut.

Joshua Suherman bersama dengan Yowis Ben pun kini telah beraksi dari panggung ke panggung untuk memberikan karya terbaiknya. Joshua bersama dengan bandnya ini pun pernah manggung dalam sebuah acara olahraga yang digelar di Surabaya.

Berikut 7 potret kebersamaan Joshua Suherman dengan grup bandnya Yowis Ben yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019).

1. Potret keren Joshua Suherman yang memegang gitar bersama grup musiknya Yowis Ben

Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/yowisben.cuk)

2. Dalam aksinya, Yowis Ben menjadi band yang pembawaannya kocak

Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/jojosuherman)

3. Kini tak hanya menjadi band fiktif yang ada dalam film, namun band ini telah beraksi dari panggung ke panggung

Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/jojosuherman)

4. Memiliki impian punya grup band, Joshua pun kerap mempromosikan bandnya

Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/jojosuherman)

5. Tak hanya Joshua saja, namun anggota lain juga mempromosikan bandnya tersebut

Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/jojosuherman)

6. Kini Yowis Ben pun telah manggung dari sekolah ke sekolah dengan menyebarkan karyanya

Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/jojosuherman)

7. Begini potret keren para personil Yowis Ben

Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/jojosuherman)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidayat Nur Wahid: Natsir Mengembalikan NKRI, Sesuai Cita-Cita UUD 1945

Posted: 27 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA, menerima audiensi The Indonesian Democracy Initiative (TIDI). Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Jakarta, Rabu (27/11).

Delegasi dipimpin Arya Sandhiyudha sebagai Direktur Eksekutif TIDI. The Indonesian Democracy Initiative, merupakan kumpulan cendekiawan, berbagai disiplin ilmu, lintas agama, kelompok dan golongan. Salah satu visi yang diemban TIDI adalah menghidupkan semangat kebangsaan yang baru, terutama dalam menghadapai masalah kebangsaan.

Kepada wakil Ketua MPR, Arya Sandhiyudha, menyampaikan niat lembaganya yang hendak mendeklarasikan hari NKRI pada 3 April 2020. Tanggal 3 April dipilih sesuai waktu terjadinya peristiwa Mosi Integral Moh. Natsir pada 1950. Saat itu, di tengah sidang paripurna DPR RIS Natsir menyampaikan gagasan kembali ke NKRI, sesuai cita-cita UUD 1945.

Menanggapi rencana tamunya, yang hendak menyelenggarakan hari NKRI, Hidayat menyampaikan apresiasi serta dukungan. Apalagi, selama ini Hidayat dikenal sebagai sosok yang tak pernah lelah mengingatkan jasa Moh. Nastsir bagi bangsa Indonesia. Yaitu melempangkan cita cita NKRI yang sempat berubah menjadi Republik Indonesia Serikat.

"Melalui Mosi Integral, Moh. Natsir telah mengembalikan NKRI, sesuai cita-cita UUD 1945. Kalau tidak, niscaya cita-cita berdirinya bangsa Indonesia, yang menginginkan tegaknya NKRI tidak akan terwujud. Apalagi saat itu sudah ada Presiden RIS, DPR RIS, bahkan UUD RIS. Beruntung Mosi Integral Moh. Natsir diterima oleh Seokarno Hatta. Selanjutnya, seperti kata Bung Hatta pada 17 Agustus 1950, kita kembali memproklamirkan NKRI," kata Hidayat menambahkan.

Pada kesempatan itu, Hidayat juga menyampaikan apresiasi terhadap berdirinya TIDI. Di era demokrasi ini, kata Hidayat, kaum millenal harus diberi alternatif yang lebih baik dari yang sudah ada. Meskipun saat ini sudah ada partai politik, ormas, kampus dan mahasiswa, kaum millenial tetap membutuhkan wadah yang lain, sesuai visi misi generasi zaman sekarang. Bahkan, kalau bisa menarik simpati para millenial, bukan tidak mungkin lembaga-lembaga yang sudah eksis sebelumnya akan ditinggalkan.

"Akan sangat baik kalau bisa membuat sesuatu yang spesifik, menciptakan trendsetter, itu akan sangat bagus. Dari pada membiarkan generasi millenial diambil oleh kelompok-kelompok lain yang tidak jelas. Lebih baik dikumpulkan dalam satu tempat yang visi misinya jelas, apalagi untuk masalah-masalah kebangsaan," kata Hidayat lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Rilis Mi Watch Khusus Anak-Anak

Posted: 27 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja memperkenalkan model terbaru Mi Watch. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu mengambil segmen pengguna anak-anak.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (28/11/2019), Mi Watch itu bernama Mi Rabbit Children Watch 2S. Meski ditargetkan untuk anak-anak, produk ini tetap hadir dengan fitur dasar smartwatch.

Smartwatch ini dibekali dengan Wi-Fi dan GPS, ditambah loudspeaker tunggal. Xiaomi membekali smartwatch ini dengan baterai 600mAh dan diklaim mampu bertahan dalam kondisi standby hingga tujuh hari.

Perangkat ini hadir dengan layar berukuran 1,3 inci. Berbeda dari Mi Watch biasa yang memakai layar AMOLED, Mi Rabbit Children Watch menggunakan panel IPS.

Tidak hanya itu, Xiaomi turut mengintegrasikan XiaoAi yang dapat dipakai untuk menjawab pertanyaan yang diajukan anak-anak, memainkan musik, termasuk beberapa fungsi lainnya.

Rencananya, Mi Rabbit Children Watch 2S dijual dengan harga 199 yuan (Rp 399 ribu) di Tiongkok. Namun belum diketahui apakah perangkat ini akan tersedia di pasar global.

Xiaomi Rilis Mi Watch

Tampillan Mi Watch yang baru saja diperkenalkan (sumber: Xiaomi)

Sebelumnya, Xiaomi juga meluncurkan smartwatch terbarunya yang diberi nama Mi Watch. Smartwatch ini menjadi yang pertama menggunakan merek Mi.

Dikutip dari GSM Arena, smartwatch ini hadir dengan beragam fitur menarik, bahkan Xiaomi menyebut bahwa perangkat ini merupakan ponsel kecil di tangan penggunanya.

Jam tangan pintar ini memiliki layar AMOLED berukuran 1,78 inci dengan bodi 44mm. Terbuat dari keramik, jam tangan ini memiliki tombol tunggal yang berada di sisi kanan untuk melakukan navigasi.

Sementara di bagian kiri Mi Watch disematkan speaker dan mikrofon. Beberapa fitur yang hadir di jam tangan pintar Xiaomi ini adalah bluetooth, NFC, dan eSIM.

Mi Watch menjalankan MIUI for watch yang berbasis Google Wear OS. MIUI for watch memiliki 40 aplikasi bawaan yang dilengkapi toko aplikasi yang kini sudah dibuka untuk pengembang pihak ketiga.

Jam tangan pintar ini hadir dengan sejumlah fitur pengukur aktivitas, termasuk berenang. Perangkat ini juga kompatibel dengan Firstbeat sebagai piranti analitik untuk mengetahui kondisi pengguna saat melakukan beragam aktivitas.

Mi Watch dipersenjatai Snapdragon Wear 3100 4G, RAM 1GB, dan ROM 8GB. Xiaomi menyematkan baterai berkapasitas 570mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 36 jam saat terhubung dengan 4G.

Untuk sekarang, Mi Watch hanya tersedia untuk pasar Tiongkok dengan harga 1.299 yuan (Rp 2,6 juta). Hanya belum diketahui kapan Xiaomi akan memboyong perangkat ini ke pasar global.

Xiaomi Mi CC9 Pro, Smartphone Berkamera 108MP Pertama di Dunia Resmi Meluncur

Xiaomi Mi CC9 Pro. Dok: ndtv.com

Bersama dengan peluncuran Mi Watch, Xiaomi akhirnya resmi merilis smartphone terbarunya yang masuk dalam keluarga Mi CC series, Mi CC9 Pro di Tiongkok.

Xiaomi Mi CC9 Pro dilengkapi lima kamera belakang, termasuk sensor utama beresolusi 108MP. Ya, ini adalah smartphone kamera 108MP pertama di dunia.

Mengutip laman NDTV, Rabu (6/11/2019), Mi CC9 Pro ditenagai Snapdragon 730G SoC yang dipasangkan dengan RAM hingga 8GB.

Smartphone yang membenamkan dual-SIM (Nano) ini menjalankan MIUI 11, dengan layar OLED 6,47 inci melengkung (1080x2340 piksel), kerapatan piksel 398ppi, kecerahan puncak 600 nits (HBM), dan kontras rasio 400000: 1.

Layar Xiaomi Mi CC9 Pro bahkan sudah dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland untuk memangkas paparan cahaya biru.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Ciri-Ciri Planet Venus, Punya Kemiripan dengan Bumi

Posted: 27 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri planet Venus menarik untuk diketahui. Planet kedua dalam tata surya ini memiliki karakteristik khusus yang hampir mirip dengan Bumi. Setelah bulan, planet ini merupakan objek alami tercerah di langit malam dengan magnitude tampak sebesar 4,6 yang cukup cerah untuk menghasilkan bayangan.

Venus merupakan planet kebumian dan kadang-kadang disebut planet saudara Bumi karena ciri-ciri planet Venus seperti ukuran, gravitasi, dan komposisi mirip dengan Bumi. Namun, dalam ciri-ciri planet Venus yang lain, planet ini snagat berbeda dengan Bumi.

Ciri-ciri planet Venus yang paling khas lainnya dikenal sebagai planet terpanas di tata surya. Hal ini dikarenakan Venus tidak memiliki sikus karbon yang memerangkap karbon dalam batuan dan kenampakan permukaan dan juga memiliki kehidupan organic yang dapat menyerap karbon dalam bentuk biomassa.

Untuk mengenal lebih detail ciri-ciri planet Venus, berikut ada tujuh ciri-ciri planet Venus yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019).

Permukaan Planet Venus

Venus / Sumber: Pixabay

Hampir seluruh bagian permukaan planet Venus terdiri dari daratan vulkanik. Ciri-ciri planet Venus tersebut diakibatkan karena memiliki banyak gunung berapi. Ada sekitar 167 gunung berapi di planet Venus, dimana lebih banyak dari gunung berapi yang ada di Bumi.

Permukaan Venus terdapat bukti telah terjadi aktivitas vulkanik dan sulfur di atmosfer menunjukkan bahwa telah terjadi letusan gunung berapi. Namun, bukan berarti Venus secara vulkanik lebih aktif daripada Bumi, hal ini disebabkan oleh kerak Venus yang lebih tua.

Gunung tertinggi di Venus adalah Maxwell Montes yang terletak di Ishtar Terra. Tingginya kurang lebih mencapai 11 kilometer di atas rata-rata ketinggian permukaan Venus.

Terdapat 12 petir di pelanet Venus. Walaupun begitu, tidak ada hujan di planet Venus layaknya di Bumi. Kemungkinan petir yang muncul di Venus dihasilkan oleh abu dari letusan vulkanik.

Iklim Planet Venus

Venus / Sumber: Pixabay

Atmosfer pada planet Venus berbentuk sangat padat dengan 96,5 % Karbindioksida dan 3,5% Nitrogen. Ciiri-ciri planet Venus memiliki massa atrmosfer 93 kali lebih besar daripada massa atmosfer di Bumi.

Hal ini dikarenakan planet Venus kaya akan karbondioksida dan sulfur dioksida dan menghasilkan efek rumah kaca paling kuat pada tata surya. Sedangkan sehu pada permukaan Vgenus mencapai 462 derajat celcius, dimana lebih panas dari planet Merkurius.

Tak heran, kalau planet ini dijuluki sebagai planet neraka atau planet terpanas walaupun jaraknya dengan matahari kurang lebih 108,2 juta kilometer.

Orbit Planet Venus

Venus / Sumber: Pixabay

Orbit merupakan gerak suatu planet untuk memgelilingi matahari dalam waktu tertentu. Semua planet akan mengelilingi matahari dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam.

Pada ciri-ciri planet Venus, berotasi terhadap matahari sesuai dengan arah jarum jam dengan waktu 243 hari pada Bumi. Ini merupakan orbit planet terlambat dalam tata surya. Planet Venus memiliki periode orbit selama 224,65 hari dari planet Bumi.

Rata-rata planet mengelilingi matahari berbentuk elips, namun berbeda dengan bentuk orbit planet Venus terhadap matahari berbentuk bulat. Hal ini dikarenakan eksentrisitas planet Venus yang lebih rendah dari 0,01.

Eksentrisitas orbit merupakan jumlah saat orbit melenceng dari lingkaran sempurna. Angka 0 berarti lingkaran sempurna dan lebih dari 0 berarti parabola.

Rotasi Planet Venus

Venus / Sumber: Pixabay

Ciri-ciri planet Venus selanjutnya, yaitu berotasi terhadap matahari dari timur ke barat secara lambat. Garis khatulistiwa pada planet Venus memiliki kecepatan pada matahari sekitar 65 Km/H atau 40 mph.

Kondisi ini memperlambat 6,5 menit per hari Sideris Venus terhadap matahari. Hari Sideris Venus lebih lama 243 hari Bumi daripada tahun Venus yaitu 224,7 hari Bumi.

Akibat dari rotasi Venus yang lambat ini, panjang hari matahari di Venus lebih pendek daripada hari sedierisnya sekitar 116,75 hari di Bumi. Jangka waktu rotasi Venus juga lebih lama daripada jangka waktu revolusinya. Hal ini dikarenakan Venus berotasi pada sumbu hampir 180 derajat.

Geografi Planet Venus

Venus / Sumber: Pixabay

Planet Venus merupakan sebuah planet dengan panjang diameter sebesar 12.092 kilometer yang berarti sedikit lebih kecil 650 kilometer dari Bumi. Venus juga punya massa yang lebih kecil dari Bumi, yaitu 81,5%.

Planet Venus terdiri dari 80% daerah vulkanik, 70% daerah daratan, 20% dua benua daratan yang tinggi, dan 10% daerah daratan yang halus dan berlekuk.

Di Venus juga terdapat pegunungan, lembah, kawah tubrukan, dan penampakan unik lainnya. Sesuatu yang unik tersebut, yaitu adanya cincin rekahan yang dikelilingi depresi yang disebut Coronae. Penampakan vulkanik yang puncaknya rata, memiliki lebar antara 20-50 kilometer dan tinggi mencapai 100-1000 meter yang biasa disebut dengan Farra. Sedangkan rangkaian rekahan radial berbentuk seperti bintang disebut Novae.

Struktur Dalam Planet Venus

Venus / Sumber: Pixabay

Struktur dalam Venus dengan Bumi memiliki kemiripan seperti memiliki kerak, inti, dan mantel yang sama. Namun, Venus memiliki ukuran lebih kecil dari Bumi karena memiliki tekanan bagian dalam yang lebih rendah.

Terletak dekat dengan Bumi alias berdampingan, yang membuat Venus memiliki inti planet cair. Hal ini dikarenakan pendinginan pada salju yang sama dengan Bumi.

Venus tidak memiliki tektonika lempeng yang menyebabkan jumlah panas Venus berkurang, sehingga menghambat pendinginan planet. Ketiadaan tektonika lempeng terjadi akibat kerak planet Venus yang terallau kuat dan ketiadaan air yang dapat mengurangi viskositas planet Venus.

Medan Magnet dan Inti Planet Venus

Venus / Sumber: Pixabay

Tidak adanya medan magnet merupakan ciri-ciri planet Venus. Hal ini dikarenakan bentuk dan ukuran yang hampir sama dengan Bumi, namun Venus tidak memiliki dinamo.

Inti planet Vebus diduga bersifat konduktif secara elektrik. Walaupun rotasinya mengitari matahari dari planet Venus terbilang lambat. Namun, simulasi dalam rotasi Venus masih menghasilkan dinamo. Akibat dari suhu mantel yang meningkat inilah, sehingga mengurangi fluks panas dari inti planet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Shopee Liga 1 2019: Bali United vs Persib Eksklusif di Vidio

Posted: 27 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bali - Indosiar bakal menyiarkan langsung duel Bali United vs Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (28/11/2019) dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Pertandingan ini juga disiarkan melalui Vidio Premier.

Kemenangan menjadi harga mati bagi Bali United. Pasalnya, tambahan tiga poin bakal membuat mereka kian dekat dengan mahkota juara Shopee Liga 1 2019.

Tim asuhan Stefano Cugurra Teco itu hanya membutuhkan tambahan sembilan poin untuk meraih gelar juara Shopee Liga 1 2019. Bali United bisa saja kian dekat dengan kampiun juara bila mengalahkan Maung Bandung.

Bali United lebih diunggulkan di laga ini ketimbang Persib. Pasalnya, dari 13 laga kandang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali United mencatatkan 12 kemenangan dan sekali hasil imang.

Sementara Persib, dari 10 pertandingan laga tandang, hanya meraih dua kemenangan. Sisanya, Maung Bandung menelan empat kekalahan dan meraih hasil imbang.

Jangan sampai terlewatkan duel Shopee Liga 1 2019 ini. Selain di Indosiar, pertandingan Bali United vs Persib pada pukul 20.45 WIB dapat disaksikan melalui Vidio Premier, secara berlangganan melalui link ini....

 

Prediksi Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Dias Angga Putra, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Stefano Lilipaly, Yabes Roni, Melvin Platje (d)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Persib Bandung (4-4-2): Made Wirawan (k); Henhen Herdiana, Supardi Nasir, Nick Kuipers, Ardi Idrus (b); Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Omid Nazari, Frets Butuan (t); Kevin van Kippersluis, Ezechiel N'Douassel (d)

Pelatih: Robert Alberts

Klasemen Shopee Liga 1

 
 
 
View this post on Instagram

Klasemen sementara Shopee Liga 1 2019, Rabu (27/11). __ #ShopeeLiga1 #ShopeeForMen #ShopeeID

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Saksikan Video Persib di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unik, Perlombaan Suami Angkat Istri Setinggi Mungkin

Posted: 27 Nov 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terdapat perlombaan unik di India, yaitu perlombaan suami mengangkat istri setinggi mungkin. Perlombaan ini menarik perhatian warganet di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Romahurmuziy Marah di Persidangan karena Namanya Dicatut

Posted: 27 Nov 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan ketua umum PPP Romahurmuziy marah-marah kepada saksi hingga menggebrak meja dalam persidangan kasus jual beli jabatan di kemenag. Mantan Ketua umum PPP itu marah namanya dicatut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejaksaan Tahan Direktur di PT MNC Sekuritas Terkait Dugaan Korupsi

Posted: 27 Nov 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) menetapkan Direktur Kapital Market PT MNC Sekuritas berinisial AI sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Penahanan pun telah dilakukan.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung (Kejagung) Mukri menyampaikan, Kejati Sumut telah melakukan penyidikan sejak Februari 2019 dan memeriksa sejumlah saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi.

"Korupsi terkait penyimpangan dalam pembelian surat berharga Medium Term Notes atau MTN, milik PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP) oleh PT Bank Sumut Tahun 2017-2018 yang tidak dilakukan analisa perusahaan atau korporat," tutur Mukri kepada Liputan6.com, Kamis (28/11/2019).

Mukri menyebut, kasus tersebut bermula ketika MNC Sekuritas selaku agen mengajukan penawaran MTN di 2017 kepada PT Bank Sumut yang diterbitkan oleh PT SNP, yang merupakan anak perusahaan dari PT Columbia.

"Penawaran MTN tersebut dikirim oleh tersangka AI kepada Pimpinan Divisi Treasuri PT Bank Sumut melalui email pribadi yang ditujukan kepada Direktur Utama PT Bank Sumut," jelas dia.

Selanjutnya, tanpa melalui proses dari Direktur Utama PT Bank Sumut, pengajuan penawaran MTN tersebut diproses oleh Pimpinan Divisi Treasuri PT Bank Sumut untuk dilakukan pembelian MTN ke-III yang diterbitkan oleh PT SNP.

"Proses yang dilakukan oleh Pimpinan Divisi Treasuri PT BANK SUMUT adalah meminta kepada Divisi Kredit untuk memperoleh Issuer Limit atau Batas Minimum Pemberian Kredit (BMPK)," kata Mukri.

Menurutnya, Divisi Kredit menjawab surat dari Divisi Tresuari lewat surat yakni berupa memorandum yang telah mendapat persetujuan dari Direktur Bisnis dan Syahriah dan direkur Utama PT Bank Sumut, yang mengusulkan jumlah batas kredit sebesar Rp 52,5 miliar.

Atas dasar persetujuan BMPK tersebut, selanjutnya oleh Divisi Treasury melakukan pembelian MTN yang diterbitkan oleh PT SNP melalui Arranger MNC Sekuritas dengan menandatangani trade confirmation pada tanggal 1 November 2017. Selanjutnya PT Bank Sumut melakukan pembayaran sebesar Rp 50 miliar.

Terendus OJK

MNC Sekuritas kemudian mengajukan lagi penawaran MTN Ke IV PT SNP tahap I tahun 2018 dengan cara yang sama dan mendapat persetujuan dari Direktur Bisnis dan Syariah. Direktur Utama PT Bank Sumut menetapkan BMPK sebesar Rp 183.357.000.000.

Mukri melanjutkan, PT Bank Sumut lantas melakukan pembayaran sebesar Rp 75 miliar atas pembelian MTN yang diterbitkan oleh PT SNP.

Hasilnya, kejanggalan itu terendus oleh Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) sehingga kegiatan usaha PT SNP Finance dibekukan. Dana PT Bank Sumut yang telah diinvestasikan kepada PT SNP sebesar Rp 177 miliar pun terancam hilang karena PT SNP telah dimohonkan ke Pengadilan untuk dipailitkan.

"Saat ini tersangka AI dilakukan penahanan oleh Jaksa Penyidik selama 20 hari ke depan di Rutan Klas IA, Tanjung Gusta, Kota Medan, hingga dilimpahkan ke pengadilan untuk proses hukum selanjutnya," Mukri menandaskan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendiri Lippo Mochtar Riady: Era Digital Bisa Lenyapkan Raksasa Bisnis dalam Sekejap

Posted: 27 Nov 2019 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Lippo Group Mochtar Riady mengimbau agar masyarakat Indonesia mau terus beradaptasi dengan perubahan zaman yang terjadi begitu cepat di era digital. Jika tidak, maka kita akan tenggelam terseret derasnya arus zaman.

"Perubahan teknologi ini selalu membawa satu binasa dan satu harapan, kesempatan. Ibarat seperti air, bisa membawa kapal dan menenggelamkan kapal. Maka di era perubahan ini, apa yang harus kita pikirkan? Bagaimana kita menyesuaikan diri dari perubahan teknologi ini," tuturnya di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Sebagai contoh, Mochtar Riady menceritakan akuisisi perusahaan besar di zamannya seperti Nissan, Mitsubishi, Hitachi, Sharp, hingga Toshiba lantaran korporasi tersebut lambat dalam menangkap perubahan.

"Alasannya hanya karena mereka ini tidak sensitif terhadap perubahan teknologi, dan perubahan ekonomi karena perubahan teknologi, dan perubahan politik karena perubahan ekonomi. Kalau kita tidak sensitif, kita akan lenyap," tegasnya.

Mochtar Riadyjuga kemudian berbicara soal kekagumannya terhadap Purnomo Prawiro selaku pemilik Blue Bird yang pada periode 2000 bisa mengelola sekitar 43 ribu taxi. Namun kini, perusahaan tersebut goncang atas kehadiran Grab dan Gojek yang bisa memanfaatkan teknologi digital.

"Pertanyaan saya, semua akan mengalami nasib yang berbeda karena perubahan teknologi. Pada revolusi industri keempat, maka kita bangsa Indonesia bagaimana caranya untuk menyesuaikan diri kita di dalam suatu teknologi yang baru ini," imbuh dia.

 

Menyesuaikan

Chairman Lippo Group Mochtar Riady memberikan sambutan saat peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Oleh karenanya ia berpesan bahwa masyarakat Indonesia harus terus menyesuaikan diri di tengah kecepatan zaman. Sebab, ia menekankan, teknologi digital yang banyak diagungkan saat ini pun sebenarnya sudah terlahir sejak era lampau.

"Saya tahu bahwa orang-orang kita, anak muda kita, semua mulai cerita tentang digital. Namun di sini, sesungguhnya digital ini adalah dimulai dari 1946. Sampai sekarang ini sudah 74 tahun. Jadi digital ini bukan sesuatu yang baru," serunya.

"Jadi sekarang kita bukan cerita studi teknologi, tapi bagaimana memanfaatkan digital. Maka sekarang yang paling penting adalah bukan cerita teknologi digital, tapi cerita bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk perdagangan dan administrasi supaya semua jadi efisien," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Mantan Artis Cilik yang Masih Eksis Menghiasi Layar Kaca hingga Kini

Posted: 27 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang menganggap profesi sebagai artis adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan uang. Hal ini lah yang membuat profesi artis saat ini banyak menjadi incaran para generasi muda.

Banyak orang menjadikan profesi artis sebagai alasan supaya bisa hidup dalam kemewahan dan keglamoran. Tak heran jika banyak artis mengawali kariernya di usia yang masih muda. Bahkan, beberapa mantan artis cilik ternyata bisa mengimbangi antara waktu bermain, pendidikan, dan waktu untuk syuting.

Hal tersebut dibuktikan dari kesuksesan mereka dalam berkarier dan pendidikan. Banyak yang bilang kalau karier di dunia hiburan itu tak akan berumur panjang. Hal ini juga disadari oleh artis Tanah Air, bahwa eksistensi di dunia entertainment tak bisa diprediksi.

Walaupun begitu, masih banyak artis yang bisa mempertahankan eksistensinya, termasuk beberapa mantan artis cilik. Beberapa mantan artis cilik ini mampu mempertahankan eksistensinya hingga sekarang. Berikut 7 mantan artis cilik yang masih eksis hingga kini yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019).

1. Umay Shahab dikenal lewat perannya dalam beberapa sinetron, seperti 'Eneng dan Kaos Kaki Ajaib'. Beranjak dewasa cowok kelahiran 16 Februari 2001 ini masih eksis di dunia hiburan dengan terlibat di berbagai film dan sinetron.

Mantan Artis Cilik yang Masih Eksis (sumber: instagram.com/umayshahab)

2. Nikita Willy dijuluki ratu sinetron karena banyaknya sinetron yang dimainkan olehnya. Ia telah menghiasi layar kaca sejak tahun 2000 saat dirinya masih kecil.

Mantan Artis Cilik yang Masih Eksis (sumber: instagram.com/nikitawillyofficial94)

3. Nama Rachel Amanda mulai dikenal publik lewat perannya di sinetron 'Candy'. Walaupun sempat vakum karena kesehatan, ia kini terus membuktikan eksistensinya di dunia hiburan Tanah Air.

Mantan Artis Cilik yang Masih Eksis (sumber: Instagram.com/rachelamanda95)

4. Nama Dea Imut sudah tak asing bagi dunia hiburan Tanah Air. Mantan artis cilik yang kini menggunakan nama Dea Annisa ini masih sering muncul diberbagai sinetron dan film.

Mantan Artis Cilik yang Masih Eksis (sumber: Instagram.com/deaannisa)

5. Karakter tomboi Rachel di sinetron "Heart Series" membuat nama Yuki Kato melejit. Seperti tak ada matinya, Yuki terus melebarkan sayapnya di dunia hiburan Tanah Air.

Mantan Artis Cilik yang Masih Eksis (sumber: Instagram.com/yukikt)

6. Pemilik nama lengkap Andriani Marshanda ini namanya meroket berkat perannya sebagai Lala dalam sinetron 'Bidadari'. Dari dulu hingga kini memiliki anak satu, dirinya masih terlihat di layar kaca.

Mantan Artis Cilik yang Masih Eksis (sumber: Instagram.com/marshanda99)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahn Jae Hyun Banjir Keringat di Konferensi Pers Drama, Khawatir soal Perceraian

Posted: 27 Nov 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Ahn Jae Hyun kini tengah sibuk mempromosikan drama terbaru yang ia bintangi, Love with Flaws. Konferensi pers atas drama ini baru saja digelar pada Rabu (27/11/2019) kemarin.

Dalam konferensi pers ini, media menangkap satu hal tak biasa dari Ahn Jae Hyun. Dilansir dari Allkpop, pria 32 tahun ini banjir keringat saat tampil di event tersebut.

Dalam sejumlah foto yang diambil media Korea, keringat mengalir deras dari dahi Ahn Jae Hyun. Sang aktor terlihat  sempat mengelapnya dengan tisu.

Sebagian warganet meyakini bahwa hal ini ada hubungannya dengan masalah rumah tangganya dengan Goo Hye Sun.

Simpati

Ahn Jae Hyun (Instagram/ aagbanjh)

Tak sedikit warganet yang kemudian mengungkapkan rasa simpati kepada Ahn Jae Hyun.

"Kasihan. Aku merasa sedih melihatnya di foto-foto ini," tutur seorang warganet.

"Aku harap kau baik-baik saja, Aku mendukungmu," kata warganet yang lain.

Minta Maaf

Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun (sumber: instagram/@goohyesun_84)

Dalam event ini, Ahn Jae Hyun sendiri sempat meminta maaf soal masalah pribadi yang tengah dialaminya.

"Pertama-tama aku ingin menyampaikan permintaan maaf mendalam kepada penonton dan siapa pun yang terlibat dalam pembuatan drama ini bila masalah pribadiku menimbulkan kekhawatiran," tuturnya, seperti diwartakan Soompi.

Takut

Ahn Jae Hyun mengaku bahwa saat konferensi pers berlangsung, ia masih takut masalah pribadinya akan mengganggu drama ini.

"Sejujurnya bahkan saat aku duduk di kursi ini, aku khawatir akan menjadi gangguan dalam konferensi pers," kata dia.

 

Love with Flaws

Love with Flaws (MBC/ Soompi)

Untungnya, penonton tampaknya tak mempermasalahkan masalah pribadi sang aktor.

Episode pertama Love with Flaws yang tayang 27 November kemarin, mencapai rating tinggi. Yakni rata-rata 3,2 persen dan 4 persen untuk bagian keduanya.

Dalam drama ini Ahn Jae Hyun memerankan pria narsis yang terobsesi dengan penampilannya. Sementara sang lawan main, Oh Yeon Seo, memainkan wanita yang memiliki kebencian terhadap pria tampan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKB: PBNU Rekomendasikan Presiden Dipilih MPR

Posted: 27 Nov 2019 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid mengatakan usulan PBNU agar presiden dan kepala daerah dipilih MPR merupakan rekomendasi dari ulama NU. Ulama itu menilai sistem pemilihan langsung menanggung biaya sosial yang terlalu besar.

"Tentu rekomendasi dari PBNU agar presiden dipilih oleh MPR bahkan kepala daerah dipilih oleh MPR berdasarkan kajian para ulama PBNU yang mempertimbangkan maslahat dan mudaratnya," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Jazilul memiliki pandangan sejalan dengan pendapat ulama NU. Bahwa biaya pemilihan presiden bisa mencapai angka Rp 24 triliun. Sedangkan, menurutnya biaya dipilih MPR tidak setinggi pemilihan langsung.

"Kalau dipilih MPR saya pikir gak sampe segitu. Bahkan bisa kurang sampe 80 persen untuk memilih seorang kepala daerah ini panitia belum cost yang dikeluarkan oleh seorang calon belum lagi kerugian sosial itu satu daerah kabupaten itu bisa habis Rp 20 miliar," jelasnya.

Jazilul mengatakan, MPR mendengarkan masukan PBNU sebagai bahan kajian. Secara spesifik dia mengatakan, PBNU menginginkan memfungsikan kembali MPR sebagai lembaga tertinggi.

"Itu yang dipertimbangkan, kami sebagai pimpinan [MPR](PKB "") akan mendengarkan sekaligus memasukkan rekomendasi itu sebagai bahan kajian penting, tapi akan kembali kepada kehendak masyarakat pada umumnya," ujarnya.

 

Yakinkan Fraksi

PKB sebagai partai lekat dengan NU, menerima masukan tersebut. Jazilul bilang, jika semua fraksi menerima usulan tersebut, berarti PKB berhasil meyakinkan fraksi.

"Kalau semua fraksi yang ada menerima berarti PKB berhasil meyakinkan apa yang menjadi rekomendasi PBNU," kata Waketum PKB itu.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidayat Nur Wahid: Australia dan Indonesia Sepakati Papua, Kesatuan yang Tak Terpisahkan

Posted: 27 Nov 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan politik dan demokrasi di Indonesia sangat dinamis dan beragam. Salah satu bukti keberagaman demokrasi yang berlaku di Indonesia, adalah keberadaan partai-partai berdasar agama. Artinya, dalam konteka Indonesia, antara agama, khususnya Islam dengan demokrasi tidak bertentangan. Sebaliknya, sejak dulu partai-partai berbasis agama Islam maupun non Islam, sudah ikut mewarnai praktek demokrasi di Indonesia.

Penyataan itu diungkapkan Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA, saat menerima kunjungan Minister Konselor Bidang Politik dan Komunikasi Strategis Kedubes Australia di Jakarta Dr. Dave Peebles. Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Gedung Nusantara III, lantai 9, Komplek MPR, DPR dan DPD RI, Rabu (27/11). Ikut serta dalam pertemuan tersebut Claire Scott, Political First Secretary dan Ario Yudhoatmodjo, senior Political Reseacher

Pada kesempatan tersebut, Dave juga menyampaikan dukungan pemerintah Australia terhadap NKRI, dan menolak keberadaan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Karena keberadaannya hanya menimbulkan korban dan keresahan, baik masyarakat Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Bagi Australia, kata Dave, Papua dan Indonesia adalah satu kesatuan tak terpisahkan.

Pada kesempatan itu, Dave menanyakan perihal rencana amandemen terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 19445. Juga beberapa kabar seputar dinamika rencana amandemen UUD NRI Tahun 1945.

Kepada Hidayat, Dave Peebles mengharap kedua negara meningkatkan kesepahaman, terutama menyangkut berbagai persoalan yang terjadi baik di Indonesia maupun Australia. Juga meningkatkan kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBNU Sepakat Amandemen Terbatas UUD NRI 1945

Posted: 27 Nov 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai pemikiran dan sumbangsih kyai serta alim ulama dalam kehidupan kebangsaan kerap kali selalu lebih maju dibanding kalangan lainnya. Bisa dilihat dari hasil Musyawarah Nasional Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat, 15-17 September 2012 lalu yang merekomendasikan Indonesia kembali ke sistem perwakilan dalam pemilihan pemimpin nasional dan daerah.

Rekomendasi tersebut menyebutkan Presiden-Wakil Presiden dipilih oleh MPR RI, Gubernur-Wakil Gubernur melalui DPRD Provinsi, Bupati-Wakil Bupati melalui DPRD Kabupaten, dan Walikota-Wakil Walikota melalui DPRD Kota.

"Di saat kini masyarakat mulai ramai membicarakan amandeman UUD NRI 1945, dengan berbagai saran dan masukannya, PBNU justru sejak tahun 2012 sudah bersuara. Sila ke-4 Pancasila yang berbunyi 'Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan' menjadi fokus utama mengembalikan pemilihan secara tidak langsung. Usulan PBNU tersebut patut dihormati dan bahkan menarik untuk dikaji lebih mendalam," ujar Bamsoet usai memimpin rombongan MPR RI menjalin silaturahim kebangsaan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), di Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (27/11/19).

Turut hadir para Wakil Ketua MPR RI antara lain Ahmad Basarah (F-PDI Perjuangan), Jazilul Fawaid (F-PKB), Hidayat Nur Wahid (F-PKS), dan Fadel Muhammad (Kelompok DPD).

Sedangkan jajaran PBNU yang hadir antara lain Ketua Umum PBNU Prof. Dr. K.H. Said Aqil Siroj, Bendahara Umum PBNU Dr. Ing, Bina Suhendra, Ketua PBNU yang juga Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Robikin Emhas, SH., MH, Ketua PBNU Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum Machfoedz, Wakil Sekretaris Jenderal PBNU yang juga Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Drs. H. Masduki Baidlowi, dan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Andi Najmi.

Kandidat Ketua Umum Partai Golkar 2019-2024 ini senang, silaturahim kebangsaan MPR RI dengan PBNU telah menghasilkan diskusi menarik. Dari mulai dukungan pengurus PBNU terkait perlunya amandemen UUD NRI 1945 untuk menghadirkan kembali Pokok-Pokok Haluan Negara, hingga pembenahan dan penyempurnaan sistem ketatanegaraan menyangkut dihadirkan kembali Utusan Golongan dalam lembaga legislatif.

"Diskusi juga menyasar kondisi sosial dan ekonomi bangsa Indonesia. Khususnya keberadaan Pasal 33 UUD NRI 1945 yang perlu diperkuat agar Indonesia bisa berdikari di bidang ekonomi. Saya sejalan dengan PBNU yang menilai permasalahan toleransi di Indonesia sebetulnya sudah selesai. Sejak dahulu bangsa Indonesia terbukti dengan jiwa toleran yang luar biasa. Ditengah keberagaman suku, agama, ras, dan golongan, Indonesia hingga kini terbukti tetap gagah berdiri tegak ditengah bangsa-bangsa dunia lain yang tercerai berai," jelas Bamsoet.

Lebih lanjut, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, permasalahan utama bangsa saat ini sebagaimana disampaikan PBNU, adalah masih lebarnya jurang ketimpangan sosial dan kemiskinan, hukum yang belum tegak, keadilan masyarakat yang ternodai, hingga sumber daya alam yang dikuasai segelintir pihak. Konsentrasi PBNU kepada masalah ekonomi melengkapi kiprah PBNU yang telah menjadi penyangga perdamaian, persatuan, dan kesatuan Indonesia.

"Berdasarkan survei Alvara Research Center, jumlah penduduk Indonesia yang berafiliasi ke Nahdlatul Ulama (NU) pada akhir 2016 mencapai 79 juta jiwa. Bukan hanya jumlahnya yang besar, peran NU terhadap Indonesia terbukti juga sangat besar. Salah satunya warisan pendiri NU, KH. Hasyim Asy'Ari, yang menanamkan ajaran Hubbul Wathon Minal Iman, Cinta Tanah Air sebagian Dari Iman," pungkas Bamsoet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda Imbau Waspadai Potensi Angin Kencang di Wilayah Jawa Timur Ini

Posted: 27 Nov 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperingatkan cuaca ekstrem tiga hari di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Mengutip akun instagram @infobmkgjuanda, Kamis (28/11/2019), BMKG mewaspadai potensi cuaca ekstrem yaitu hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Situbondo.

Pada 28 November 2019, BMKG menyebutkan hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada pagi hari di wilayah Kabupaten Probolinggo dan Situbondo. Kemudian pada siang hari di wilayah Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, dan Situbondo.

Kemudian pada 29 November 2019, siang hari di Batu, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Situbondo.

Pada 30 November 2019, waspadai angin kencang pada pagi hari di Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Lalu pada siang hari di wilayah Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto menuturkan, peningkatan tekanan udara di Siberia dan Asia Timur dalam beberapa hari terakhir menyebabkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin dari wilayah Asia mendekati kawasan ekuator.

Desakan ini memberikan pasokan uap air yang cukup dapat menyebabkan pembentukan hujan yang signifikan di Indonesia. Sementara itu, angin timuran dari wilayah Australia masih cukup kuat dan menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang di Indonesia bagian utara dalam beberapa hari ke depan.

"Berdasarkan kondisi itu, kami memperkirakan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan di Jawa Timur," ujar Teguh saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Kamis (28/11/2019).

Teguh mengimbau warga agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Surabaya Masuki Musim Hujan pada Akhir November

Pohon Tabebuya di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda prediksi musim hujan di Surabaya, Jawa Timur mulai akhir November 2019. Meski demikian, hujan telah turun di sejumlah wilayah di Surabaya.

"Untuk wilayah Surabaya diperkirakan memasuki awal musim hujan pada November dasarian ke-3 atau akhir November. Memang sebagian wilayah Jawa Timur sudah terdapat beberapa kasus hujan lebat," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, ditulis Sabtu, 16 November 2019.

Teguh menuturkan, suhu udara di Surabaya akan relatif turun memasuki musim hujan. Diperkirakan suhu udara maksimal 35-36 derajat celsius.

Sebelumnya suhu udara panas dan gerah memasuki musim penghujan. Teguh mengatakan, kalau panas lebih cenderung kepada tutupan awan pada malam hari sehingga radiasi balik yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan tidak bisa keluar menuju angkasa.

Sedangkan untuk prediksi cuaca Sabtu pekan ini di Surabaya, suhu udara sekitar 27-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 km per jam. Kelembapan sekitar 50-80 persen.

BMKG menyatakan, sejumlah wilayah mulai memasuki musim pancaroba atau masa peralihan musim kemarau ke musim hujan pada awal November. Pada musim pancaroba, frekuensi hujan lebat bahkan sangat lebat disertai kilat dan angin kencang berdurasi singkat bisa terjadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Labuan Bajo Jadi Wisata Super Premium di 2020

Posted: 27 Nov 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jokowi-Maruf tengah berupaya mencari tambahan devisa untuk menopang penerimaan negara. Salah satu sektor yang terus digenjot adalah pendapatan dari pariwisata dengan membangun 10 Bali baru, salah satunya Labuan Bajo.

Presiden Joko Widodo mengatakan, dari 10 Bali tersebut, tahun depan pemerintah akan menjadikan Labuan Bajo sebagai wisata super premium. Tidak hanya membuat wisata super premium, pemerintah juga akan mengelompokkan wisata yang dapat didatangi beramai-ramai dan khusus.

"Tambahan devisa destinasi wisata baru, kita punya Bali ya, kita punya 10 Bali baru, 2 tahun ini hanya 5 dulu, 5 selesai nanti fokus ke 5 berikutnya, mana 5 itu? Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba, Manado," ujarnya di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/11).

Penetapan Labuan Bajo untuk menjadi wisata super premium sudah disampaikan kepada Menteri Pariwisata Wishnutama. Nantinya Kemenpar diharapkan mampu mempromosikan Labuan Bajo ke negara lain.

"Labuan Bajo juga super premium, hati-hati jangan sampai dicampur aduk menengah bawah kalau perlu ada kuotanya, berapa orang yang boleh masuk ke Labuan Bajo 1 tahun, saya sudah kasih arahan itu ke Menpar Wishnutama," jelasnya.

 

Bangun Infrastruktur Pendukung

Presiden Joko Widodo saat meninjau Labuan Bajo, NTT (Dok.Instagram/@sekretariat.kabinet/https://www.instagram.com/p/Bzu55VIgsZZ/Komarudin)

Dalam rangka menunjang pendapatan dari pariwisata, pemerintah sudah membangun beberapa infrastruktur pendukung. Selain itu, pemerintah juga mendorong ekonomi kreatif untuk mengembangkan usahanya.

"Kita harapkan di tahun 2020 akhir semua infrastruktur calender of event, perbaikan produk-produk handycraft ekonomi kreatif yang akan dukung wisata baru ini selesai tahun depan. Saya kasih contoh misalnya Borobudur, bulan Maret nanti Yogyakarta internasional airport selesai 100 persen," paparnya.

Larang Wisatawan Miskin ke Labuan Bajo, Apa Maksud Gubernur NTT?

Pastikan Anda berkunjung ke lima destinasi ini saat berlibur ke Labuan Bajo. (foto: shutterstock)

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat beberapa waktu lalu sempat mengeluarkan pernyataan fenomenal, yang melarang wisatawan tak berduit untuk berwisata di NTT, sebab wilayahnya dirancang untuk menjadi destinasi wisata kelas premium.

"Oleh karena itu wisatawan yang miskin jangan datang berwisata ke NTT. Karena memang sudah dirancang untuk wisatawan yang berduit," kata Viktor Laiskodat.

Menanggapi ucapan tersebut, Kepala Kantor Direktur Jenderal Perbendaharaan NTT Lidya Kurniawati Christyanti mengatakan, itu merupakan sebuah bahasa marketing guna memancing pemasukan dana memperbaiki kawasan wisata Labuan Bajo.

"Itu bahasa marketing. Pak Gubernur NTT kan statement-nya itu selalu menohok. Mungkin ini bahasanya beliau yang menyatakan bahwa banyak tempat wisata potensial loh di Nusa Tenggara Timur yang ternyata itu belum disentuh secara baik, belum dikelola secara baik," ungkapnya di Labuan Bajo, NTT, Jumat (15/11/2019).

"Sehingga untuk menunjang wisata yang potensial tapi sesuai dengan keinginan mereka, itu memang memerlukan biaya yang cukup tinggi," dia menambahkan.

Sebagai contoh, ia meneruskan, banyak wisatawan yang kesulitan datang ke tempat tersebut lantaran tidak semua penerbangan jarak jauh dapat langsung berlabuh ke Labuan Bajo.

Oleh karena itu, Lidya menyebutkan, maka pemerintah sangat memikirkan terlebih dahulu memperbaiki sarana prasarana hingga akses untuk menuju ke salah satu tempat yang dijadikan Bali Baru ini.

"Saya yakin (jika itu selesai dilakukan), nanti biayanya akan menjadi lebih rendah lagi dibanding sekarang," pungkas Lidya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Menteri PANRB Ganti Eselon III dan IV dengan Robot

Posted: 27 Nov 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di periode kedua pemerintahan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji memangkas birokrasi yang menghambat. Salah satunya, memangkas jabatan eselon III dan IV.

Jokowi telah memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo untuk menggantikan jabatan eselon III dan IV dengan robot pintar atau artificial intelligence (AI).

"Saya sudah perintahkan juga ke Kementerian PANRB diganti dengan AI," ungkapnya di Peresmian Pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Eks Gubernur DKI Jakarta ini yakin artificial intelligence bisa mempercepat kerja dan penanganan masalah. Selama ini, keberadaan eselon III dan IV justru membuat pelayanan birokrasi berbelit-belit.

"Kalau diganti aritificial inteligence birokrasi kita lebih cepat, saya yakin itu. Tapi sekali lagi, ini juga akan tergantung omnibus law ke DPR," sambungnya.

Rencana pemangkasan jabatan eselon III dan IV semula disampaikan Jokowi dalam pidato pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja," kata Jokowi.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Jokowi Perintahkan Setiap Kementerian Pangkas Eselon IV

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Dalam rapat kabinet paripurna perdana tersebut  mendengarkan arahan Presiden dan membahas anggaran pendapatan dan  belanja negara tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sebaik apapun peraturan, sebaik apapun regulasi jika orientasi birokrasi belum berubah maka akan menjadi masalah yang berkaitan dengan kecepatan, yang berkaitan dengan sumbatan.

Oleh sebab itu, reformasi birokrasi harus dilakukan besar-besaran, beriringan paralel dengan pemangkasan regulasi-regulasi yang ada. Selain itu Jokowi juga menekankan agar mengubah cara kerja yang manual ke cara kerja digital, mengubah mindset dari dilayani menjadi melayani.

"Saya kira di Kementerian PANRB juga sudah menyiapkan yang nanti akan memangkas, yang pertama mungkin eselon 4 terlebih dahulu di setiap kementerian, meskipun ini juga harus dilihat secara cermat kajiannya," kata Jokowi dikutip dari laman Setkab, pada Selasa 12 November 2019.  

Namun Jokowi mengingatkan, yang tidak kalah pentingnya adalah mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil.

"Jangan sampai kita masih bertele-tele di prosedur tapi golnya, hasilnya justru itu tidak dilihat. Sekali lagi mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil," tegasnya.

Jokowi juga menegaskan agar terjadi perbaikan ekosistem regulasi yang mendukung cipta lapangan kerja, seluruh kementerian harus mengidentifikasi regulasi-regulasi yang ada di kementerian yang menghambat.

"Jika ada yang menghambat, segera dipangkas atau diusulkan untuk dipangkas pada Presiden," pinta Jokowi.

Khusus yang berkaitan dengan mandat dalam undang-undang, menurut Presiden, akan dikumpulkan dan nanti akan dilakukan yang namanya omnibus law yang akan dibahas bersama DPR.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Viral, Menpora Malaysia Ngamuk lantaran Bendera Negaranya Salah

Posted: 27 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq kembali menjadi perbincangan di dunia maya. Teraktual, dia kesal karena bendera Malaysia salah terpampang.

Kejadian tersebut terjadi dalam upacara pembukaan National Under-15 Basketball Championship. Dalam tampilan di layar, bendera Malaysia terlihat salah.

Dilansir media lokal The Star, Kamis (28/11/2019), bendera salah itu menampilkan bintang dengan lima sudut yang ditayangkan di layar stadium saat lagu nasional Malaysia diputar dalam pembukaan kejuaraan basket. Bendera yang salah itu juga hanya menampilkan 10 garis merah dan putih, bertentangan dengan 14 garis yang termuat dalam bendera Malaysia yang benar.

"Saya tidak terima alasan 'salah bendera'. Anak kecil berusia 5 tahun saja bisa tahu mana bendera Malaysia."

"Saya sudah arahkan pejabat PJS untuk menyelidiki dan ambil tindakan dengan segera. Kita marah jika orang asing meremehkan bendera Malaysia," cuit Syed Saddiq melalui akun Twitter resminya.

MABA Minta Maaf

Bendera Malaysia (AFP PHOTO)

Sementara itu, Asosiasi Bola Basket Malaysia atau Malaysian Basketball Association (MABA) sudah meminta maaf atas bendera yang salah tersebut. Presiden MABA, Datuk Lua Choon Hann menjelaskan ini terjadi karena kecerobohan kontraktor yang bertanggung jawab atas siaran langsung yang memakan bendera salah.

"Ketika kesalahan terjadi, direktur eksekutif kami segera meminta video itu dimatikan. Kami menangani permasalahan ini sangat serius dan telah bekerja dengan otoritas untuk menyelidiki," kata Lua dalam pernyataannya seperti dilansir The Star.

Dia mengatakan MABA telah mengambil tindakan dengan menghentikan layanan kontraktor. "Kami meminta maaf kepada seluruh penduduk Malaysia dan kami sangat menyesalkan eror, kecerobohan dan masalah yang telah disebabkan," ucap Lua menambahkan.

 

Kena Ejek Netizen

Kejadian tersebut membuat Syed Saddiq diejek oleh netizen. Bahkan, ada yang menyebut Malaysia terkena karma di SEA Games 2017. Ketika itu, dalam buku panduan SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia, bendera Indonesia terbalik, menjadi Putih Merah.

"Dulu bendera negara Indonesia, Anda pasang terbalik. Jangan pernah lupa! Apa yang kalian lakukan dengan sengaja, akan berbalik pada kalian. Apa kau tanam akan kau tuai juga hasilnya," demikian tulis akun @Novelis11.

"Negara kamu kena Karma! Itulah yang negara kamu petik karena sering melecehkan bangsa kami," tulis akun Andri Setya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Staf Kedutaan Swiss di Sri Lanka Diculik Sejumlah Pria Misterius

Posted: 27 Nov 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Kolombo - Seorang karyawan perempuan untuk kedutaan Swiss di Sri Lanka sempat diculik sejumlah pria misterius. Insiden penculikan staff dan pengancaman di Kolombo itu, memicu kemarahan dari otoritas Swiss.

"Pegawai Sri Lanka di kedutaan Swiss diculik di jalan dan diancam", kata seorang juru bicara kementerian luar negeri Swiss seperti dikutip dari BBC Kamis (28/11/2019).

Jubir tersebut mengatakan, serangan terhadap salah satu perwakilan diplomatik dan karyawannya sangat serius dan tidak dapat diterima.

"Pihak Swiss kemudian melaporkan insiden itu ke pihak berwenang Sri Lanka," katanya lagi seraya menuntut penyelidikan segera.

Swiss juga menyerukan para pelaku untuk diadili dan untuk "jaminan keamanan perwakilan Swiss di Kolombo dan karyawannya untuk dipulihkan sepenuhnya".

Duta Besar Swiss untuk Sri Lanka dikatakan telah "menyampaikan" pesan itu kepada perdana menteri dan menteri luar negeri negara itu.

Duta Besar Sri Lanka untuk Swiss juga telah dipanggil.

Para pejabat Swiss mengatakan para pria tak dikenal berusaha memaksa wanita itu untuk "mengungkapkan informasi terkait kedutaan".

Mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut, tetapi itu terjadi setelah seorang perwira tinggi kepolisian Sri Lanka dilaporkan mencari suaka Swiss. Diduga ia mengkhawatirkan keselamatannya, setelah pemilihan Gotabaya Rajapaksa sebagai presiden Sri Lanka awal bulan ini.

Rajapaksa, mantan kepala pertahanan masa perang, dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang sangat besar, yang dia bantah --dan menjadi subyek dari banyak penyelidikan.

Apa Latar Belakangnya?

Bendera Swiss

Sejauh ini pernyataan pihak Swiss tidak menyebutkan kasus suaka polisi.

Petugas yang disebutkan terkait permintaan suaka itu, Nishantha de Silva, sebelumnya terlibat dalam penyelidikan resmi terhadap tuduhan kriminal, termasuk terhadap Rajapaksa - klaim yang dibantah presiden.

Tuduhan tersebut diduga terjadi pada periode kepresidenan Mahinda Rajapaksa, saudara laki-laki Presiden Rajapaksa pada 2005-2015, yang merupakan tokoh kunci dalam kampanye pemilihan dan sejak itu telah ditunjuk sebagai perdana menteri.

Daily Mirror Sri Lanka, mengutip seorang menteri pemerintah Bandula Gunawardana, melaporkan bahwa pemerintah tidak mengetahui insiden itu.

Keluarga Rajapaksa adalah salah satu yang paling kuat di Sri Lanka.

Para pendukung memuji Gotabaya Rajapaksa karena memainkan peran penting dalam menghancurkan pemberontak separatis Macan Tamil, dan mengakhiri perang saudara yang telah lama berlangsung di Sri Lanka pada 2009, ketika ia menjadi menteri pertahanan.

Pihak oposisi takut kembalinya dinasti bisa memicu tindakan keras baru kepada para pengkritik.

Memblokir Bandara

Ilustrasi bandara. (iStock)

Terkait kasus penyerangan karyawan kedutaan Swiss di Sri Lanka, pemerintah setempat kemudian membuat bandara siaga. Selain itu juga memberi mereka nama-nama ratusan petugas polisi yang mungkin berusaha untuk meninggalkan negara itu.

Beberapa wartawan yang mengkritik pemerintah ketika Rajapaksa terakhir memimpin Sri Lanka diculik, disiksa, dan dibunuh. Ribuan orang, terutama orang Tamil, lenyap dalam apa yang disebut sebagai penghilangan paksa.

Awal tahun ini, Gotabaya Rajapaksa mengatakan kepada BBC bahwa tuduhan kejahatan perang terhadapnya "tidak berdasar".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang Oktober 2019

Posted: 27 Nov 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang bulan Oktober 2019, penjualan mobil secara wholesale (dari pabrik ke dealer) tercatat mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun 2018 lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Oktober 2019 penjualan mobil berada di angka 96.030 unit, sedangkan Oktober 2018 berhasil mencapai 106.079 unit.

Untuk mobil terlaris, Toyota Avanza masih berada di puncak. Sepanjang Oktober 2019, mobil sejuta umat itu berhasil unggul dengan angka penjualan 8.816 unit.

Posisi kedua berhasil ditempati Toyota Calya dengan angka penjualan 6.034 unit sepanjang Oktober 2019. Selanjutnya terdapat Honda Brio dengan angka penjualan 5.782 unit.

Masuk kategori kendaraan komersial, tempat keempat berhasil ditempati mobil pikap andalan Suzuki. Terjual 5.617 unit, Carry berhasil masuk urutan lima besar.

Berada di posisi kelima Daihatsu Sigra berhasil mencatatkan angka 5.191 unit, disusul Toyota Rush yang harus puas di urutan keenam dengan angka penjualan 4.776 unit.

 

Daftar 10 Mobil Terlaris Sepanjang Oktober 2019

1. Toyota Avanza : 8.816 unit

2. Toyota Calya : 6.034 unit

3. Honda Brio Satya : 5.782 unit

4. Suzuki Carry Pick Up : 5.617 unit

5. Daihatsu Sigra : 5.191 unit

6. Toyota Rush : 4.776 unit

7. Toyota Kijang Innova : 4.518 unit

8. Mitsubishi Xpander : 4.236 unit

9. Daihatsu Gran Max Pick Up : 3.058 unit

10.Daihatsu Terios : 2.824 unit

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemarah Banget, Hati-Hati Berhubungan dengan 5 Zodiak Ini

Posted: 27 Nov 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki sifat pemarah tentu bukanlah hal yang baik. Namun kerap kali sifat tersebut sulit untuk dihilangkan. Terlebih lagi nyatanya ada beberapa zodiak yang dikenal sebagai pribadi pemarah.

Dikutip dari Fimela.com, berikut 5 zodiak yang dikatakan memiliki sifat pemarah.

Capricon

Capricon dikatakan memiliki sifat yang mudah marah. Mereka tak segan mengatakan segala hal yang tak mereka sukai atau ada hal yang tak sesuai dengan keinginan hatinya.

Pisces

Sama dengan Capricon, Pisces mudah sekali marah. Terlebih jika ada hal yang berjalan tak sesuai dengan keinginan mereka. Pisces juga mudah sekali marah lantaran sifat mereka yang cenderung sensitif.

Selanjutnya

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

 

Scorpio

Ketika melakukan suatu kegagalan, Scorpio akan merasa sangat sensitif. Hal ini yang kemudian memicu dirinya menjadi marah. Zodiak ini dikatakan cenderung mengganggu orang lain ketika marah.

Taurus

Tak hanya pemarah, Taurus juga dikenal sebagai pribadi yang keras kepala. Tak jarang mereka menjadi pemarah ketika harus berkompromi dengan ide yang mereka cetuskan.

Aries

Saat marah, Aries tak segan-segan untuk menunjukkan sikap kerasnya meski di depan orang lain. Saat marah Aries bahkan seolah tak tahu tempat dan waktu. Namun meski mudah marah, Aries juga mudah memaafkan kok.  

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Izin Edar Obat Diambil Alih Kemenkes, Kepala BPOM: No Comment

Posted: 27 Nov 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melontarkan wacana diambilalihnya izin edar obat oleh Kementerian Kesehatan setelah selama ini berada di bawah wewenang Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Terkait hal tersebut, Kepala BPOM Penny K. Lukito tidak mau banyak berkomentar.

"Saya no comment dalam hal ini," kata Penny kepada awak media ketika berada di Surabaya seperti dikutip dari siaran langsung Instagram akun resmi BPOM RI pada Kamis (28/11/2019).

Usai penandatanganan kerjasama dengan Universitas Airlangga pada Rabu kemarin, Penny mengatakan bahwa kinerja BPOM telah dirasakan manfaatnya oleh para pelaku usaha.

"Bahwa sudah ada percepatan perizinan, sudah ada produk-produk yang semakin banyak diberikan izin edar dan itu datanya ada di Badan POM," kata Penny menambahkan.

Sudah Lakukan Percepatan Perizinan

Ilustrasi obat (iStockphoto)

Lebih lanjut, Penny mengatakan bahwa setidaknya dalam tiga tahun terakhir, BPOM sudah melakukan berbagai usaha terkait percepatan perizinan.

"Tentunya sesuai tugas saya yang betul-betul diarahkan oleh bapak Presiden untuk percepatan perizinan, dan itu yang kami lakukan dalam tiga tahun ini."

"Sudah ada hasilnya, Alhamdulillah, sudah ada perbaikan dan tentunya tidak akan berhenti. Kita akan terus mengembangkan inovasi untuk percepatan perizinan. Baik izin edar, sertifikasi, cara produksi obat yang baik itu sudah sangat cepat sekali," kata Penny.

Penny juga menegaskan bahwa BPOM akan mendukung investasi, serta produksi dalam negeri yang berpotensi menggantikan produk-produk impor.

Sebelumnya, pada Senin, 25 November kemarin, Menkes Terawan mengatakan bahwa izin edar produk farmasi yang mencakup obat-obatan akan dipegang oleh Kementerian Kesehatan. Dia mengklaim bahwa dirinya telah bertemu dengan Kepala BPOM beberapa waktu lalu.

"Sebenarnya, izin edar obat itu dari awal memang dipegang Kemenkes. Tapi karena suatu hal, jadinya BPOM yang pegang," kata Terawan.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: