Jumat, 08 Desember 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sulit Dapat Elpiji 3 Kg? Cari di SPBU Saja

Posted: 08 Dec 2017 10:12 PM PST

PT Pertamina (Persero) ini memasok Elpiji 3 Kg di beberapa titik SPBU Coco yang menjadi pengelolaannya pada Sabtu (9/12/2017). Pertamina memasok tambahan di SPBU Coco di Jl HR Rasuna Said, Kuningan.

Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar menuturkan, pihaknya terus menambah pasokan ke beberapa titik yang terindikasi masih kekurangan pasokan. Namun demikian, dia meminta kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir mengingat selain di agen, gas Elpiji 3 kg juga dijual di SPBU.

"Jadi di DKI Jakarta ini ada 274 SPBU yang menjual elpiji itu ada sebanyak 159 SPBU. Itu semua lokasinya yang langsung bersinggungan dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Jadi kalau kesulitan ke SPBU saja, agak jauh sedikit tapi harga tetap," kata Iskandar di Kuningan, Sabtu (9/12/2017).

Ia menuturkan, memang tidak semua SPBU menjual gas, hal ini tergantung dari lokasi masing-masing. Contohnya, SPBU di rest area jalan tol, tidak pas jika Pertamina menjual elpiji.

Iskandar menambahkan, sebaran di setiap SPBU selalu mencapai 200-300 tabung gas. Jumlah itu kombinasi antara gas yang subsidi dan nonsubsidi.

Untuk mencegah adanya spekulan, masyarakat hanya dibatasi membeli elpiji 3 Kgdi SPBU maksimal 2 tabung. "Kalau di SPBU memang kita khusus jual untuk masyarakat, tidak untuk pengecer," kata dia.

Dia juga menjamin kepastian ketersediaan gas 3 kg di SPBU. Hal ini karena ada laporan harian yang dilakukan oleh SPBU yang ditunjuk untuk menjual gas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik memohon kepada masyarakat menengah ke atas tidak menggunakan Elpiji bersubsidi 3 kilogram (kg). Hal ini untuk mengurangi kelangkaan yang terjadi saat ini.

Elia mengatakan, Elpiji 3 kg disediakan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu. Sebab itu, dia memohon agar masyarakat mampu sadar terhadap hal tersebut, dengan tidak menggunakan Elpiji bersubsidi.

"Elpiji 3 kg ditujukan teman-teman kita rakyat yang belum mampu. Oleh karena itu, mohon dukungan supaya secara berkala mengingatkan yang mampu jangan menggunakan 3 kg," kata Elia, di Bengkulu, Jumat 8 Desember 2017.

Elia juga meminta ke pengusaha restoran untuk tidak mengonsumsi Elpiji 3 kg. Dengan kesadaran tersebut, maka dapat mewujudkan cita-cita pemerintah dalam mewujudkan energi untuk keadilan. "Coba kalau restoran tidak pakai Elpiji 3 kg. Ini untuk mewujudkan energi yang berkeadilan," tuturnya.

Masyarakat mampu yang menggunakan Elpiji 3 kg akan membuat kuota Elpiji bersubsidi habis. Tentu saja hal tersebut akan menggerus uang negara.

"Kalau menggunakan Elpiji 3 kg menggurangi kuota, terus kita menggerus duit negara. Ini terus-menerus kami imbau supaya ada satu kesadaran," tutur Elia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amanat Lengkap Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI

Posted: 08 Dec 2017 10:06 PM PST

Marsekal Hadi Tjahjanto telah menerima tongkat komando Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo. Penyerahan tongkat komando pimpinan tertinggi digelar di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12/2017).

Resmi memangku jabatan tertinggi, Hadi memberikan amanat kepada seluruh prajurit TNI. Didampingi oleh Gatot Nurmantyo, Hadi mengaku akan melanjutkan program kerja yang telah dibuat oleh Gatot.

Hadi Tjahjanto menyatakan, siap menjaga netralitas TNI dalam menghadapi tahun politik di 2018 dan 2019. Selain itu, Hadi juga siap menjaga kedaulatan NKRI.

Berikut amanat lengkap Hadi Tjahjanto resmi menjadi Panglima TNI:

"Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua Shalom, Om Swastiastu.

Yang saya hormati Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, yang saya hormati para pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri dan Kapolri, para Kepala Staf Angkatan, para duta besar negara sahabat, hadirin dan undangan yang saya muliakan, segenap prajurit dan aparatur sipil negara TNI yang saya cintai dan saya banggakan.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT, atas limpahan karunianya kita dapat menyelenggarakan upacara serah terima jabatan Panglima Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan tertib, aman dan lancar.

Melengkapi ungkapan rasa syukur ini atas nama pribadi dan keluarga saya mengucapkan terima kasih kepada negara, pemerintah dan rakyat Indonesia atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk mengemban tugas dan amanah melanjutkan kepemimpinan sebagai panglima TNI.

Segenap prajurit TNI dan ASN TNI yang saya cintai dan saya banggakan. Berangkat dari ketaatan kepada hukum dan konsistensi terhadap kebijakan TNI akan tetap berjalan pada koridor kebijakan umum pembangunan kekuatan pokok minimum sesuai rencana strategis TNI, serta melanjutkan program kerja yang telah dirintis oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Untuk itu, selaku penerus kepemimpinan dan atas nama segenap prajurit dan ASN TNI, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Jenderal TNI Gatot Nurmantyo atas segala pemikiran dan usaha untuk menjadikan TNI lebih maju, handal, profesional, solid dan dicintai oleh rakyat.

 

 

Kita tidak bisa pungkiri, selama kepemimpinan beliau telah menjadikan TNI salah satu institusi yang paling dipercaya publik, dan di setiap kesempatan beliau selalu mengumandangkan bersama rakyat TNI kuat. Hal ini telah membumi dan telah melekat di hati sanubari rakyat, prajurit TNI.

Membaca potensi ancaman TNI secara cerdas harus dapat menterjemahkan setiap bentuk konflik yang sulit diprediksi, di mana diameter konflik tidak lagi menjadi simetris melainkan bersifat asimetris, proxy, dan hibrida.

Setidaknya potensi ancaman yang perlu dicermati ke depan antara lain dampak tantangan dunia baru, terorisme, perang cyber, kemajuan China, China cam opensive, serta kerawanan keamanan di laut perbatasan, tentu juga kesehatan lain yang dianggap merugikan Indonesia seperti ilegal fishing, penyelundupan barang, manusia, senjata dan narkoba yang mengancam keutuhan, kedaulatan NKRI yang kita cintai bersama.

Memasuki tahun politik, pesta demokrasi memberikan warna yang beragam yang bernuansa akan terjadinya konflik, TNI harus memegang teguh netralitasnya dari tingkat atas sampai satuan paling bawah.

Demikian juga, komitmen TNI memberikan perbantuan kepada vendor dan Polri dalam pengamanan Pilkada serentak pada tahun 2018 dan pemilu tahun 2019, senantiasa harus mengutamakan asas hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Segenap prajurit dan ASN TNI, hadirin dan undangan yang saya hormati. Mengakhiri amanat ini, atas nama prajurit TNI, saya menyampaikan rasa hormat, bangga dan terima kasih kepada Jendral TNI Gatot Nurmantyo, atas semua pengabdian Jenderal dan selamat bertugas di ruang pengabdian yang baru.

Ucapan yang sama juga saya sampaikan Ibu Neni Gatot Nurmantyo yang telah menjadikan Dharma Pertiwi dan IKKP Pragapi Wira Agimi, semakin solid dan berkembang.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa tantangan tugas TNI ke depan tidaklah semakin ringan, namun kita harus memiliki keyakinan bahwa kebersamaan seluruh prajurit ASN TNI, serta dengan dorongan dan doa restu seluruh rakyat Indonesia, TNI akan mampu melaksanakan tugas dengan baik dalam menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi segenap bangsa serta tumpah darah Indonesia.

Kita harus bertekad membangun tentara yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati. melalui profesionalisme, disiplin dan militan, menjadikan TNI hebat dalam segala medan tugas. Sedangkan dengan rendah hati akan menghasilkan kemanunggalan yang kuat, sinergitas dari keempatnya itu akan menunjukkan yang tangguh dan percaya diri.

Kesungguhan ini bukanlah retorika, tetapi sebuah cita-cita harus kita raih dengan kerja keras dan kita harus yakin cita-cita itu bisa kita capai.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa melimpahkan kesehatan, kekuatan dan bimbingannya kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas dan pengabdian bangsa dan negara yang kita cintai bersama.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi SD di Bekas Kandang Kerbau, Apa Kata KPAI?

Posted: 08 Dec 2017 10:03 PM PST

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai SDN Sadah yang berdiri di atas bekas kandang kerbau dengan bangunan dari tripleks sangatlah tidak manusiawi.

"Lapangan, kantin tak layak. Perpustakaan pun tidak ada," kata Retno Listyarti, Komisioner KPAI, saat mengunjungi SDN Sadah yang berlokasi di Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, Kamis, 7 Desember 2017.

Dari enam ruang kelas, hanya satu yang masih terlihat bagus dan itu pun hanya untuk siswa kelas VI. "Ruang kepala sekolah juga tidak layak, ya. Karena ruangannya sempit," ucapnya.

Retno menjelaskan, selama empat bulan dirinya menjabat sebagai komisioner KPAI, SDN Sadah menjadi lokasi pendidikan terburuk yang pernah dilihatnya di seluruh Indonesia.

Selain berdinding tripleks, atapnya pun dari asbes yang membuat siswa dan tenaga pengajarnya kepanasan dan pengap saat belajar mengajar di siang hari. Ditambah, banyak kandang ayam dan bebek di sekeliling sekolah berstatus negeri yang kewenangannya berada di Kabupaten Serang itu.

"Kalau masyarakat enggak merasakan. Sudah biasa. Kita yang baru ke sini, terasa banget," ujarnya.

Seharusnya, Pemkab Serang di bawah kepemimpinan Ratu Tatu Chasanah harus secepat mungkin memperbaikinya.

Sementara, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dalam akun resmi Instagram @pemprov_banten, meminta perdebatan opini tentang SDN Sadah dihentikan. Ia pun meminta semua pihak untuk memikirkan pembangunan pendidikan bagi seluruh masyarakat Banten.

Dalam akun itu pun tertulis bahwa Pemprov Banten tengah membebaskan lahan seluas 1.200 meter persegi untuk pembangunan SDN Sadah yang tak menggunakan dana APBD.

"Dalam kondisi darurat, gubernur boleh membantu pembangunan gedung SD agar lebih cepat. Dana yang diambil bisa dari dana CSR," tulis unggahannya pada Rabu, 6 Desember 2017.

 

 

Pemerintah Kabupaten Serang menggusur sekolah lama namun belum mendapatkan gantinya.

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sadah yang berlokasi di Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, menjadi viral di media sosial (medsos) Instagram.

Sekolah yang berdinding tripleks dan beratapkan asbes itu berdiri di bekas kandang kerbau sejak 2015 lalu. Bahan untuk mendirikannya pun berasal dari sisa material pembangunan masjid dan sumbangan dari masyarakat sekitar.

"Ini dibangun masyarakat. Pasti tidak nyaman, kita di bawah standar nasional pendidikan, ruang kelas di bawah standar," kata Ahmad Hujaeni, Kepala SDN Sadah, Kamis, 30 November 2017.

Hujaeni bercerita kalau bangunan awal sekolahnya menjadi korban penggusuran oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang akan membangun Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab). Namun setelah dua tahun berjalan, sekolah itu tak juga mendapatkan perhatian dari Bupati Ratu Tatu Chasanah.

"(Meminta bantuan) itu paling awal, sedang dalam proses namun sampai kini belum ada titik temu," jelasnya.

Bangunan yang tak layak diperparah dengan rusaknya ruangan kelas 3 dan 5. Hanya ada empat kelas yang digunakan oleh 97 siswa kelas I - VI.

Selain itu, tempat mereka belajar lokasinya dekat dengan kandang ayam, bebek, dan tempat sampah yang semakin membuat tak nyaman untuk menempuh pendidikan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Barcelona: Ronaldo Bukan yang Terbaik

Posted: 08 Dec 2017 10:00 PM PST

Mantan pemain Barcelona dan Atletico Madrid, Julio Salinas, mengakui striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo, adalah pemain bagus. Namun, menurut dia, pemain asal Portugal itu bukanlah yang terbaik sepanjang masa.

 

Ronaldo dinobatkan sebagai peraih Ballon d'Or 2017 dalam acara yang berlangsung di Menara Eiffel, Paris, Prancis, Jumat (8/12/2017) dinihari WIB. Ronaldo kini sejajar dengan bintang Barcelona, Lionel Messi, yang sama-sama meraih lima gelar Ballon d'Or.

Ronaldo mendapatkan trofi Ballon d'Or 2017 dengan mengalahkan Messi dan Neymar yang finis di posisi kedua dan ketiga. Ronaldo kemudian mengklaim dirinya sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola.

Salinas rupanya tak sependapat dengan pernyataan Ronaldo tersebut. Ia menilai kemampuan pemain 31 tahun itu masih di bawah Messi.

 

 

Bintang Real Madrid asal Portugal, Cristiano Ronaldo  (AFP/Franck Faugere)

"Hanya karena Anda sangat baik, itu tidak berarti Anda yang terbaik, karena Anda telah mengalami nasib buruk bermain di era Messi," tulis Salinas di akun Twitter.

"Dengan segala hormat, saya tidak berpikir Ronaldo berada di podium yang terbaik dalam sejarah, karena ada beberapa yang telah melampauinya. Bahagiakan diri Anda dengan penghargaan Ballon d'Or (yang tidak pantas Anda menangkan)," Salinas menambahkan.

Sebelum 2017, Ronaldo sebelumnya juga pernah menjadi Pemain Terbaik Dunia pada 2008, 2013, 2014 dan 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Go-Jek Suguhkan Pengalaman ala Star Wars ke Pelanggan

Posted: 08 Dec 2017 10:00 PM PST

Go-Jek turut memeriahkan peluncuran film Star Wars: The Last Jedi. Para pengguna aplikasi on-demand tersebut bisa merasakan pengalaman ala Star Wars yang disuguhkan dalam aplikasi Go-Jek.

Go-Jek menawarkan pengalaman all in one bagi para pecinta Star Wars, mulai dari driver yang mengenakan seragam ala pilot "The Resistance", aplikasi Go-Jek bertema Star Wars: The Last Jedi, hingga merchandise resmi Go-Jek X Star Wars: The Last Jedi di Go-Points dan Go-Tix.

Go-Jek berharap pengguna bisa menciptakan momen spesial menyambut dirilisnya film Star Wars: The Last Jedi yang disutradarai oleh Rian Johnson tersebut.

"Kami lihat antusiasme masyarakat mulai dari anak kecil hingga dewasa dalam menyambut film Star Wars: The Last Jedi sangat besar. Apalagi film ini termasuk film yang paling ditunggu pada 2017. Tak hanya menjadi solusi dalam kebutuhan sehari-hari, kami juga ingin ikut serta berpartisipasi dalam antusiasme masyarakat tersebut dengan menawarkan pengalaman berbeda bagi masyarakat pengguna Go-Jek," jelas Chief Marketing Officer (CMO) Go-Jek, Piotr Jakubowski, dalam keterangan resminya, Sabtu (9/12/2017).

Pengalaman merasakan sensasi kemeriahan Star Wars: The Last Jedi bisa dirasakan pengguna Go-Jek mulai dari membuka aplikasi, dan pengguna akan secara otomatis terpilih menjadi #TheResistance atau #TheFirstOrder. Selain itu, Go-Jek juga mengganti ikon mitra pada layanan Go-Ride dan Go-Car.

Bila pelanggan terpilih menjadi tim #TheResistance, ikon akan berubah menjadi ikon pesawat perang The X Wing Fighter dan The A Wing. Sedangkan, bila termasuk tim #TheFirstOrder, ikon driver pada aplikasi akan menjadi The Silencer dan The Fighter. Perubahan juga akan terjadi pada halaman peringkat pada aplikasi dan pelanggan bisa menemukan BB-8 di swipe screen Go-Points.

Aplikasi Go-Jek bertema Star Wars: The Last Jedi ini bisa dinikmati pengguna mulai 6 Desember hingga 31 Desember 2017.

Selain itu, pengalaman yang bisa dirasakan selanjutnya yaitu ratusan mitra driver mengenakan seragam ala pilot "The Resistance". Selama kurang lebih satu bulan, ratusan mitra driver akan melayani pelanggan Go-Jek dengan atribut dari Rebel Alliance tersebut.

Kemeriahan menyambut film Star Wars: The Last Jedi ini juga akan dirasakan oleh mitra driver dan keluarganya. "Kami mengajak mitra driver dan keluarga, pelanggan setia GO-JEK dan komunitas Star Wars untuk nonton bareng film Star Wars: The Last Jedi saat dirilis pertama kali di 13 Desember mendatang," ungkap Piotr.

Lebih lanjut, para pecinta Star Wars memiliki kesempatan mendapatkan merchandise eksklusif Go-Jek X Star Wars: The Last Jedi yang didesain khusus, seperti tas, jaket, notebook, tempat minum, tote bag, smartphone case dan tempat paspor. Merchandise tersebut hanya tersedia pada aplikasi Go-Jek.

Pengguna bisa mendapatkannya dengan menukarkan poin pada Go-Points mulai dari 500 poin. Pengguna juga bisa mendapatkan merchandise bila membeli tiket nonton Star Wars: The Last Jedi melalui Go-Tix. Berbagai macam promo menarik juga dihadirkan Go-Jek untuk para pecinta Star Wars lewat akun media sosial Twitter, Facebook dan Instagram.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesan Jenderal Gatot di Depan Ribuan Prajurit TNI

Posted: 08 Dec 2017 10:00 PM PST

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo tidak lagi menjabat Panglima TNI. Ia sempat berpesan kepada para prajurit TNI untuk tetap bersama rakyat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta Laura soal Raditya Dika: Kok Anak Kecil Tunangan?

Posted: 08 Dec 2017 10:00 PM PST

Raditya Dika resmi bertunangan dengan kekasihnya Anissa Aziza, pada Jumat (8/12/2017). Cinta Laura, yang sedang terlibat dalam satu proyek film dengan Raditya Dika mengaku telah mengetahui berita bahagia tersebut sejak beberapa waktu lalu.

Alih-alih ikut bahagia, Cinta Laura mengaku malah bingung ihwal rencana Raditya Dika bertunangan.

"Yes of course (tahu). Sebenernya mami aku sama aku baru tahu dia mau tunangan minggu lalu waktu lagi reading. So i was shock, coz he looks so young, aku pikir 'loh kok anak kecil... (tunangan)?,'" kata Cinta Laura di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2018).

 

Pertanyaan tersebut tentu bukan hal yang serius. Kalimat tersebut hanya ledekan Cinta Laura kepada Raditya Dika yang memang memiliki tubuh yang agak kecil dan pendek.

"Just kidding Radit, i know you are an adult. I dont have much to say, aku cuma mau bilang congratulation. Mudah-mudahan semuanya lancar kalau sudah menikah nanti mudah-mudahan everything goes well, you will have happy marriage," lanjut Cinta Laura.

Terakhir, Cinta Laura pun memberikan doa yang terbaik untuk pria 32 tahun itu bersama pasangannya.

"Pokoknya god bless dan aku mendoakan semua yang baik-baik dan semua yang positif. All the best for you and your future wife," sambung Cinta Laura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Duka Bocah Pengungsi Afghanistan yang Tewas Ditabrak Kereta

Posted: 08 Dec 2017 10:00 PM PST

Ketika sebuah kereta menabrak Madina Hussiny yang berusia enam tahun, pada 21 November 2017, keluarga bocah itu sontak terkejut.

Sejumlah di antara mereka segera mengerumuni jenazah bocah itu, sisanya menghampiri aparat yang ada di sekitar lokasi kejadian, yang terletak di perbatasan Kroasia.

Beberapa saat sebelum peristiwa nahas itu terjadi, polisi perbatasan Kroasia menghalau keluarga pengungsi Afghanistan itu -- yang tengah melakukan perjalanan eksodus -- dari Kroasia. Si petugas meminta mereka untuk kembali ke lokasi asal mereka, dengan melintas di sebuah jalur kereta, di malam hari tanpa penerangan yang optimal.

Si polisi perbatasan pun tak memberikan imbauan kepada keluarga itu bahwa masih akan ada kereta yang melintasi rel tersebut, demikian pengakuan Muslima Hussiny, ibu Madina, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (8/12/2017).

Pada akhirnya, ketika sebuah kereta melintas, Madina pun menjadi korban jiwa.

Otoritas membantah bahwa meninggalnya Madina terjadi di kawasan Kroasia. Menurut otoritas, bocah berusia enam tahun itu tewas di sisi terjauh perbatasan Serbia -- negara yang sebelumnya dilintasi oleh keluarga Hussiny.

Kendati demikian, peristiwa itu tetap tercatat dalam berita acara kasus otoritas perbatasan Kroasia, mengingat keluarga Hussiny berlari meminta tolong kepada petugas perbatasan negara pecahan Yugoslavia itu.

"Kami menekankan bahwa polisi perbatasan Kroasia tak terlibat dalam bentuk apapun atau menyebabkan kematian seorang anak," kata pernyataan resmi dari Menteri Dalam Negeri Kroasia.

Pernyataan itu meneruskan bahwa Kroasia, sebagai negara anggota Uni Eropa, tetap menghargai dan melindungi pengunsi sesuai peraturan UE.

Namun, keluarga Hussiny benar-benar yakin, bahwa mereka mendapatkan perlakuan yang semena-mena dari otoritas perbatasan Kroasia itu.

Keluarga Hussiny mengaku bahwa otoritas perbatasan Kroasia mengabaikan mereka dan tidak memberikan penanganan medis dengan segera. Setelah beberapa lama, ambulans pun tiba di lokasi, membawa Madina pergi sendiri, tanpa menyertakan keluarganya.

Muslima pun baru mendengar kabar kematian anaknya beberapa hari kemudian, ketika keluarga Hussiny akhirnya diizinkan datang ke rumah sakit tempat Madina dirawat dan disemayamkan.

"Mereka (otoritas Kroasia) memperlakukannya (Madina) seperti anjing, tak seperti manusia," kata salah seorang anggota keluarga Hussiny.

Prosesi pemakaman pun juga menuai polemik. Dokumen kependudukan, status keluarga Hussiny sebagai imigran, serta perlakuan otoritas Kroasia yang tak kooperatif, mempersulit mereka untuk mengebumikan jenazah bocah enam tahun itu.

Dan pada akhirnya, Madina asal Afghanistan dimakamkan di sudut pekuburan kota, tanpa nisan, tanpa tanda, dan akan segera terlupakan di tengah hiruk-pikuk Kroasia. Meski begitu, keluarga Hussiny menolak lupa pada apa yang telah menimpa mereka.

Contoh kasus keluarga Hussiny asal Afghanistan itu adalah segelintir kecil dari krisis pengungsi yang telah melanda Eropa selama beberapa tahun terakhir. Krisis itu menciptakan ratusan hingga ribuan polemik, masalah, dan khususnya penderitaan bagi mereka yang mengungsi.

Ribuan pengungsi dilaporkan terjebak di Serbia, dan sebagian besar di antara mereka diprediksi tak akan mendapat suaka dari pemerintah negara tujuannya. Mereka pun hanya memiliki kesempatan yang kecil untuk melintas ke negara anggota Uni Eropa lain.

Opsi mereka terbatas, meliputi sekitar tiga negara, yakni Kroasia, Hungaria, dan Bulgaria.

Sementara itu, polemik petugas perbatasan ketiga negara itu, yang menghalau gelombang pengungsi dengan cara-cara kekerasan, semakin memperkeruh situasi. Kata laporan Medecins Sans Frontieres (MSF).

"Banyak pengungsi yang kita tangani mengatakan bahwa polisi perbatasan Kroasia menghalau para pengungsi untuk kembali ke lokasi mereka sebelumnya (Serbia). Dan mereka diminta untuk kembali melalui jalur kereta. Polanya selalu seperti itu, menurut yang kami dengar," kata penasihat humaniter MSF untuk Serbia, Andrea Contenta.

Contenta mengatakan bahwa situasi semacam itu adalah konsekuensi atas berbagai kebijakan Uni Eropa yang tak memberikan perlindungan terhadap pengungsi.

"Kebijakan semacam itu menempatkan banyak orang berada dalam kondisi yang berbahaya. Mereka tak aman untuk bepergian ke manapun," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serunya Wall Of Fades 2017 bagi Para Pencinta Denim

Posted: 08 Dec 2017 10:00 PM PST

Wall of Fades 2017 menjadi acara tahunan bagi para pecinta denim pada 7-10 Desember 2017 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Rangkaian acara ini dibuka dengan invitation day pada Kamis (7/12/2017). Di mana para pecinta komunitas dari berbagai daerah berkumpul guna meningkatnya keeratan antar anggota. Invitation day menjadi yang pertama kali diadakan selama 8 tahun Wall of Fades diselenggarakan.

Wall of Fades sendiri bertujuan untuk memberikan wadah bagi brand denim lokal untuk terus berkembang sekaligus menjadi sarana bagi komunitas denim untuk berkumpul. Dengan mengangkat tema "Independent of Denim", Wall of Fades 2017 ingin mengedukasi pengunjung dengan dihadirkan beragam instrumen denim serta proses pembuatan denim itu sendiri.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Darahkubiru yang menjadi penggagas Wall of Fades menggandeng Together Whatever untuk berkolaborasi. Tak hanya itu, tahun ini Wall of Fades 2017 juga menggandeng 70 tenant, termasuk penyedia denim berkualitas. Padahal biasanya, Wall of Fades cukup selektif memilih tenant dengan kuota maksimal 35 tenant.

"Peningkatan jumlah tenant ini dikarenakan tahun ini Wall of Fades ingin menampilkan berbagai perkembangan fashion, seperti footwear dan apparel dengan tetap fokus pada denim dalam acara ini," ujar Diaz, Head of Relation Wall of Fades 2017.

Di hari pertama penyelenggaraannya, Wall of Fades 2017 mengadakan outfit contest bertajuk "Outfit Contest in Collaboration with Neighbourlist". Ada 12 finalis yang bersaing dengan memakai outfit terbaik mereka. Dari 12 finalis ini akan dipilih 6 finalis untuk dilombakan kembali pada Sabtu (9/12/2017). Pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk memilih barang yang ia mau yang dijual di seluruh tenant di Wall of Fades 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Mengklakson Selama 18 Tahun, Pria Ini Dapat Penghargaan

Posted: 08 Dec 2017 10:00 PM PST

Polusi suara karena klakson menjadi masalah di India, karena kacaunya lalu lintas yang memincu banyaknya pengendara membunyikan klakson. Di negara yang demikian, berhasil tidak membunyikan klakson selama 18 tahun adalah sebuah prestasi. 

Dipak Das, seorang sopir yang berasal dari India telah menerima penghargaan Manush Sanman karena tidak membunyikan klakson sama sekali dalam 18 tahun terakhir. Penghargaan ini diadakan karena India terkenal dengan kekacauan pengendara dalam berlalu lintas.

Ilustrasi kemacetan di India (Hindustan Times)

Pengemudi di India tak segan membunyikan klakson pada setiap kesempatan. Hal ini menciptakan polusi suara di jalanan yang penuh dengan kendaraan.

"Orang perlu pendidikan atau pemahaman tentang betapa buruknya polusi suara ini," kata pengendara motor Vijay Agarwal dilansir dari Forbes.

"Ini semua tentang pengemudi yang tidak sabar," kata Vijay.

 

Berbeda dengan Dipak Das yang percaya bahwa India dapat menjadi negara yang aman, tenang, dan damai dalam hal berkendara.

Dipak Das dikenal sebagai sopir para selebriti India. Kebanyakan dari mereka yang disopiri oleh Dipak Das memuji sikapnya untuk tidak menggunakan klakson. 

Penyelenggara Manush Mela (Humanity Fair) telah memverifikasi etiket mengemudinya yang aman dan nyaman. Hal inilah yang membuat Dipak Das mendapatkan penghargaan Manush Sanman.

Tidak menggunakan klakson selama 18 tahun, pria ini mendapat penghargaan.

Das adalah orang yang sangat percaya pada kebijakan tanpa klakson dan berharap perilakunya akan menginspirasi dan mengilhami pengemudi lain untuk tidak sering menggunakan klakson. Das belum pernah menggunakan klakson mobil dalam 18 tahun terakhir, dia berharap orang lain akan mengikuti perilakunya ini. 

"Seorang sopir yang mengikuti kebijakan tanpa klakson akan menjadi lebih waspada saat mengemudi. Jika pengemudi tersebut berkendara dalam kecepatan, dan waktu yang tepat, dia tidak perlu menggunakan klakson, " kata Dipak Das dilansir dari Hindustan Times.

Tidak menggunakan klakson selama 18 tahun, pria ini mendapat penghargaan.

Das menambahkan bahwa ketika penumpang memintanya untuk menggunakan klakson, dia dengan sopan menolak dan mengatakan kepada mereka bahwa itu bukan solusi untuk masalah lalu lintas ini. 

"Ini bukan sesuatu yang tidak bisa diraih, ini tidak sulit untuk dicapai," kata Das.

Manush Mela menghormati warga yang melakukan sesuatu yang unik dan berharga bagi masyarakat. Sudipa Sarker, salah satu penyelenggara acara tersebut, mengatakan bahwa Das terkenal dan dihargai oleh orang di sekitarnya dan organisasi tempat dia bekerja. Hal itu juga menjadi salah satu faktor yang membuatnya pantas mendapatkan penghargaan ini.

 

Penulis

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mohamed Salah Tidak Gagal di Chelsea

Posted: 08 Dec 2017 09:50 PM PST

Mantan pemain Liverpool, Danny Murphy, menilai Mohamed Salah tidak gagal di Chelsea. Sebab, pemain asal Mesir itu tidak pernah diberi kesempatan bermain.

Salah pernah membela Chelsea pada 2013-2015. Bersama klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut, kariernya tak berjalan baik. Ia bahkan hanya bermain dalam 19 laga dengan hanya mengemas dua gol serta empat assist.

Menurut Murphy, Salah kurang bersinar di Chelsea karena tak mendapat kesempatan bermain, bukan permainannya yang buruk.

"Saya pernah melihatnya bermain beberapa kali sebelum dia pergi ke Chelsea dan sangat menyukainya. Bukan hanya kecepatannya, tapi juga kontrol dan kesadarannya yang bagus," kata Murphy kepada Starsport.

 

 

Mohamed Salah. (AFP/Glyn Kirk)

"Saya tidak tahu Salah bisa mencetak banyak gol atau merasa nyaman di depan gawang. Dia kemudian tidak pernah mendapat kesempatan di Chelsea. Orang bilang dia pergi ke sana dan gagal, tapi Anda tidak gagal jika Anda tidak bermain dan alasan dia tidak bermain adalah Willian dan Eden Hazard."

"Sama halnya dengan Kevin De Bruyne. Apakah dia akan lebih dipilih daripada Frank Lampard? Tidak. Terkadang hal itu membuat Anda pindah, bermain di tempat lain dan mendapatkan kepercayaan diri," Murphy menambahkan.

Salah sendiri sangat bersinar di Liverpool musim ini. Mantan pemain Fiorentina itu menyumbangkan 12 gol dalam 15 pertandingan Liga Inggris.

Secara kesuluruhan, Salah sudah menyumbangkan 18 gol dan lima assist dalam 23 pertandingan di semua kompetisi bersama The Reds.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Nostalgia di Konser Perjalanan 3 Dekade Ita Purnamasari

Posted: 08 Dec 2017 09:44 PM PST

Penampilan penyanyi senior, Ita Purnamasari bersama para penari dalam konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Jakarta, Jumat (8/12). Dalam konser tersebut Ita Purnamasari menggandeng sejumlah musisi ternama lintas generasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampilan penyanyi senior, Ita Purnamasari bersama para penari dalam konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Jakarta, Jumat (8/12). Dalam konser tersebut Ita Purnamasari menggandeng sejumlah musisi ternama lintas generasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kolaborasi penyanyi senior, Ita Purnamasari dengan rocker muda, Husein Alatas dalam konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (8/12). Ita dan Husein menyanyikan lagu 'Rindu Sampai Mati'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kolaborasi penyanyi senior, Ita Purnamasari dengan rocker muda, Husein Alatas dalam konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (8/12). Ita dan Husein menyanyikan lagu 'Rindu Sampai Mati'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penyanyi Dewi Gita memeriahkan konser '3 Dekade Ita Purnamasari'  di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (8/12). Konser tersebut mengusung nuansa nostalgia dari perjalanan karier musik Ita Purnamasari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penyanyi Dewi Gita memeriahkan konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (8/12). Konser tersebut mengusung nuansa nostalgia dari perjalanan karier musik Ita Purnamasari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampilan Dewi Gita dalam konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (8/12). Ita Purnamasari membawakan sebanyak 18 lagu, yang dibuat sejak tahun 1985 silam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampilan Dewi Gita dalam konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (8/12). Ita Purnamasari membawakan sebanyak 18 lagu, yang dibuat sejak tahun 1985 silam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penyanyi senior, Ita Purnamasari menunjukkan kemahirannya memainkan keyboard saat konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Jakarta, Jumat (8/12). Ita Purnamasari mempersembahkan konser spesial bersama suami, Dwiki Dharmawan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penyanyi senior, Ita Purnamasari menunjukkan kemahirannya memainkan keyboard saat konser '3 Dekade Ita Purnamasari' di Jakarta, Jumat (8/12). Ita Purnamasari mempersembahkan konser spesial bersama suami, Dwiki Dharmawan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canggih dan Uniknya Motor Ambulan di Negeri Kaya Minyak

Posted: 08 Dec 2017 09:43 PM PST

Negeri kaya minyak, Uni Emirat Arab kerap membuat kehebohan berkat keberadaan armada patroli yang tergolong keren dan super cepat seperti milik kepolisian Dubai.

Tak ingin kalah dengan kota tersebut, kepolisian Ibu Kota UEA, yaitu Abu Dhabi, menjadikan motor roda tiga Spider menjadi ambulan. Sedikitnya ada 10 unit yang digunakan sebagai ambulan.

Sepeda motor ini, rencananya dapat digunakan oleh pasukan patroli untuk melakukan pertolongan pertama. Motor ambulan ini juga dirancang dapat dikendarai di gurun pasir. Demikian dilansir Gulf News, Sabtu (12/9/2017).

Tentu saja, motor ambulan ini sengaja dihadirkan jika sewaktu-waktu kondisi jalan macet, dan dibutuhkan jalan pintas, yaitu melewati gurun.

"Kepolisian Abu Dhabi selalu berada di garis depan dalam memanfaatkan kendaraan dengan kualitas terbaik untuk menjawab mengatasi tantangan darurat, serta mampu memberikan teknik dan solusi terbaik," ungkap Brigadir Jenderal Ali Khalfan Al Daheri yang juga menjabat Direktur Bidang Operasi Pusat, Kepolisian Abu Dhabi.

Sementara itu, Mayor Jenderal Mohammed Khalfan Al Rumaithi, Panglima Kodam Abu Dhabi menyatakan, sepeda motor bergaya off-road ini telah dilengkapi dengan peralatan medis, sebagai solusi yang inovatif.

Kendaraan ini juga telah menggunakan teknologi hidrolik, alat pemadam kebakaran hingga defibrillator eksternal yang dapat membantu petugas darurat merespon lebih cepat saat terjadi kecelakaan, sehingga menjamin keamanan korban.

"Pengenalan sepeda motor patroli ambulan ini adalah salah satu dari banyak inisiatif oleh Kepolisian Abu Dhabi, yang berusaha meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui penyediaan layanan polisi berkualitas tinggi sesuai dengan praktik terbaik di lapangan, untuk memastikan agar Emirat terus Maju. Jadilah masyarakat yang aman dan terjamin," tutupnya.

Polisi Dubai menguji hoverbike.(Hoverboard)

Dubai merupakan surga bagi pencinta kehidupan serba mewah dengan teknologi termutakhir. Setelah menguji taksi terbang nirawak, kali ini Kepolisian Dubai menguji motor terbang (hoverbike) yang akan digunakan untuk berpatroli.

Dilansir mirror.co.uk, Selasa (10/17), hoverbike ini dapat terbang selama 25 menit dengan kecepatan puncak 70 km/jam dan bobot maksimal yang sanggup dibawa mencapai 300 kg. Dalam keadaan kosong, hoverbike ini sanggup melayang hingga ketinggian 6 meter.

Hoverbike ini dikembangkan bersama dengan perusahaan drone asal Rusia, yaitu Hoversurf. Jika melihat laman resmi Hoversurf, unit yang diuji oleh Kepolisian Dubai memiliki wujud yang sama dengan model Scorpion-3.

Dijelaskan oleh Hoversurf, Scorpion merupakan kendaraan terbang kursi tunggal yang menggabungkan rasa berkendara roda dua dengan empat baling-baling bertenaga listrik. Saat ini penggunaan Scorpion masih tergolong dalam olahraga ekstrem. Scorpion disemati sistem keselamatan seperti pembatas kecepatan dan pembatas ketinggian.

Uniknya, meskipun belum menjadi alat transportasi resmi. Bagi para pencinta hal-hal ekstrem dapat memesan hoverbike di laman resmi Hoversurf.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Purnatugas, Gatot Minta Doa Restu Jalani Kehidupan Baru

Posted: 08 Dec 2017 09:41 PM PST

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Marsekal Hadi Tjahjanto. Dengan seelsainya tugas sebagai pemimpin tertinggi di militer, Gatot meminta restu untuk memulai kehidupan baru.

"Saya mohon doa restu untuk memulai babak baru dalam kehidupan saya," ujar Gatot di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12/2017).

Selain meminta restu untuk mundur dari jabatan panglima, Gatot juga meminta maaf kepada seluruh prajurit TNI dan seluruh masyarakat atas kesalahannya selama menjadi pemimpin di militer.

"Permintaan maaf juga saya sampaikan kepada segenap komponen masyarakat apabila selama saya memimpin TNI terdapat kesalahan kekurangan," kata dia.

Gatot mengaku, ia menyadari sepenuhnya selama mengemban amanat sebagai panglima masih jauh dari kata baik.

"Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini atas nama pribadi dan keluarga dengan segala kerendahan hati saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangannya serta kekhilafan," terang Gatot.

 

Selain memohon maaf, Gatot lebih dahulu berterima kasih kepada seluruh prajurit TNI, baik di dalam maupun yang tengah bertugas di luar negeri, baik yang masih menjabat atau sudah pensiun.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih mereka dengan setia dan gagah berani bertugas menjaga batas-batas negara, atas dedikasi, loyalitas," papar dia.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Ini, 5 Atlet Catur Indonesia Terbang ke India

Posted: 08 Dec 2017 09:40 PM PST

Lima atlet catur Indonesia akan berjuang di Kejuaraan Olimpiade Catur Remaja U-16 di Gujarat, India pada 11 hingga 29 Desember 2017. Mereka sudah berangkat ke Gujarat.

Tim catur Indonesia sudah meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (9/12/2017) pada pukul 10.00 WIB.

Kelima atlet catur yang mewakili Indoneisa di Kejuaraan Olimpiade Catur Remaja U-16, yakni FM Christine Elisabeth, CM Gilbert Tarigan, FM Ade Kresna, FM Leonardo, dan Cm AN Akbar. Mereka didampingi seorang manajer, Hendry Jamals.

Mereka akan tampil di kelas beregu. Salah satu atlet catur, Christine merupakan salah satu atlet yang meraih medali perak di kejuaraan catur Malaysia, pekan lalu. Dia mengaku sudah siap menghadapi lawan-lawan dari berbagai belahan dunia.

"Saya sudah latihan sendiri sesuai program. Mau gak mau saya harus siap, meski lawan-lawan dari negara lain sangat berat," katanya kepada Liputan6.com.

"Mainnya beregu itu lebih sulit dari perorangan karena ganti-gantian, kita harus lihat lawan, pelatih juga yang menentukan kapan kita main. Kalau kita menang, belum tentu lawannya menang. Peluangnya tergantung, karena kita bisa mengandalkan teman," ujar Christine melanjutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin Aprilio Iri Melihat Pria Berkumis dan Berjenggot

Posted: 08 Dec 2017 09:40 PM PST

Kevin Aprilio mengungkapkan masih memiliki keinginan untuk menyempurnakan penampilannya. Tahun depan, rencananya ia ingin menumbuhkan jenggot untuk menghiasi wajahnya.

Ada alasan unik di balik keinginannya menumbuhkan jenggot. Yaitu karena ia merasa iri kepada para pria yang memiliki jenggot dan kumis.

"Tahun depan pengin numbuhin jenggot. Enggak tahu kalau liat cowok punya jenggot, kumis agak-agak envy (iri) juga," kata Kevin Aprilio di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Usahanya untuk menumbuhkan jenggot dan kumis tersebut sebenarnya sudah pernah ia lakukan, namun selalu gagal.

"Enggak tahu nggak tumbuh-tumbuh. Nggak tahu kenapa, padahal sudah coba dengan berbagai cara. Tapi ya (numbuhinnya) sesuai kapasitas muka, jangan lebay juga" kata Kevin Aprilio menambahkan.

 

 

Selain jenggot, Kevin juga berencana untuk membentuk tubuhnya menjadi lebih indah lagi dengan melakukan bina raga. Tetapi yang pasti, kibordis Vierratale ini mengaku ingin lebih memfokuskan kepada penumbuhan jenggot di wajahnya.

"Kalau badan juga pengin dibagusin lagi, tapi kalau jenggot nggak tahu. Suka saja lihat cowok-cowok kayak gitu," kaya Kevin Aprilio lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Adakan Imunisasi Difteri Mulai Senin Lusa

Posted: 08 Dec 2017 09:37 PM PST

Penyakit infeksi serius pada hidung dan tenggorokan atau yang lebih dikenal dengan difteri kembali mewabah. Ini terjadi setelah ditemukan kasus difteri di beberapa provinsi di Indonesia, termasuk Jakarta.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kasus difteri ini meningkat pada 2018.

"Di Jakarta angkanya memang meningkat. Tahun lalu ada 17 kasus, tahun ini ada 25, dan saat ini ada 8 pasien yang sedang dirawat di RS Sulianti Saroso," papar Anies usai berkordinasi dengan kepala Dinkes Jakarta, Koesmedi, Jumat, 8 Desember 2017.

Anies berharap pencegahan terhadap wabah berbahaya ini ditangani dengan baik, dengan program vaksinisasi secara masif atau yang disebut Outbreak Response Immunization (ORI) mulai Senin 11 Desember 2017.

"Jadi mulai Senin depan kita menyiapkan 1,2 juta vaksin untuk 1,2 juta orang usia 2-19 tahun. Tapi assessment tim pemprov tidak cukup kalau kita hanya meng-cover di Jakut Jakbar saja, meskipun di sana lokasi yang ditemukan ada kasus. Jadi kita memutuskan untuk melakukan di seluruh Jakarta," ujar dia.

Anies mengatakan, program ini akan dilakukan pada lima wilayah dan satu Kabupaten Kepulauan Seribu secara keseluruhan. Kemudian, akan ada tiga kali penyuntikan, di bulan pertama dilanjutkan bulan kedua dan dilanjutkan lagi enam bulan ketiga supaya imunisasi tetap kuat.

"Imunisasi sebenarnya dilakukan pada anak umur 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 2 tahun, kemudian 6 tahun, dilanjutkan dengan booster," jelasnya.

Selain itu Anies juga mengimbau agar warga tanggap jika ditemukan tanda-tanda penyakit difteri.

"Justru ini penting sekali, kalau ada tanda-tanda flu hari ini jangan dianggap enteng, langsung ke dokter, puskesmas, dan pastikan bahwa ini memang bukan difteri. Kalau kemudian menemukan orang memiliki gejala sama, belum diperiksa, maka dorong supaya diperiksa," pesan Anies.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI: 20 Persen Pengguna Elpiji 12 Kg Beralih ke 3 Kg

Posted: 08 Dec 2017 09:36 PM PST

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) turut mengkritisi langkanya gas elpiji 3 kilogram (kg) di beberapa wilayah di Indonesia. Kelangkaan elpiji ini, menurut YLKI, sebenarnya pernah terjadi setiap tahunnya.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan kelangkaan ini sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti subsidi yang tidak tepat sasaran. Tulus menuturkan, semula pola distribusi gas elpiji 3 kg bersifat tertutup, artinya konsumen yang berhak saja yang boleh membelinya.

"Sekarang distribusi tersebut bersifat terbuka/bebas, sehingga siapa pun bisa membelinya. Ini menunjukkan adanya inkonsistensi pola distribusi oleh pemerintah," kata Tulus kepada wartawan, Sabtu (9/12/2017).

Selain itu, menurut Tulus ada disparitas harga yang sangat jauh, antara gas elpiji 3 kg dengan gas elpiji 12 kg juga menjadikan banyak masyarakat mampu beralih ke penggunan gas.

"Selain murah, banyak konsumen 12 kg yang berpindah ke 3 kg karena dianggap praktis, mudah dibawa. Konsumen kaya pun tak malu-malu menggunakan gas elpiji 3 kg karena alasan ini," tambah Tulus.

Dari catatan Tulus, dari dua faktor tersebut, tak kurang dari 20 persen pengguna elpiji 12 kg yang berpindah ke elpiji 3 kg. Ini karena harga elpiji 12 kg dianggap sangat mahal sementara harga 3 kg sangat murah lantaran disubsidi.

Oleh karena itu, Tulus mengusulkan, jika pemerintah memang serius untuk memasok konsumen menengah bawah dengan subsidi gas elpiji, maka tingkatkan pengawasan terhadap potensi penyimpangan distribusi.

"Pemda harus harus turun kelapangan untuk melakukan pengawasan lebih intensif, jangan hanya berpangku tangan saja," ujar dia. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik memohon kepada masyarakat menengah ke atas tidak menggunakan Elpiji bersubsidi 3 kilogram (kg). Hal ini untuk mengurangi kelangkaan yang terjadi saat ini.

Elia mengatakan, Elpiji 3 kg disediakan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu. Sebab itu, dia memohon agar masyarakat mampu sadar terhadap hal tersebut, dengan tidak menggunakan Elpiji bersubsidi.

"Elpiji 3 kg ditujukan teman-teman kita rakyat yang belum mampu. Oleh karena itu, mohon dukungan supaya secara berkala mengingatkan yang mampu jangan menggunakan 3 kg," kata Elia, di Bengkulu, Jumat, 8 Desember 2017.

Elia juga meminta ke pengusaha restoran untuk tidak mengonsumsi Elpiji 3 kg. Dengan kesadaran tersebut, maka dapat mewujudkan cita-cita pemerintah dalam mewujudkan energi untuk keadilan.

"Coba kalau restoran tidak pakai Elpiji 3 kg. Ini untuk mewujudkan energi yang berkeadilan," tutur dia.

Masyarakat mampu yang menggunakan Elpiji 3 kg akan membuat kuota Elpiji bersubsidi habis. Tentu saja hal tersebut akan menggerus uang negara.

"Kalau menggunakan Elpiji 3 kg menggurangi kuota, terus kita menggerus duit negara. Ini terus-menerus kami imbau supaya ada satu kesadaran," tutup Elia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harbolnas 2017 Meriah ala Lazada di SCTV

Posted: 08 Dec 2017 09:34 PM PST

Online Revolution 2017 yang diusung Lazada pada November lalu, kini berlanjut pada momen puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 yang akan diselenggarakan pada 12 Desember 2017. Lazada akan menggelar Harbolnas versinya sendiri pada 12-14 Desember 2017 dengan inovasi terbaru.

Lazada akan hadir dalam TV Show bertajuk "Pesta Menuju 1212" yang akan tayang di SCTV pada 11 Desember 2017 pukul 20.00. TV Show ini digelar bertujuan untuk mendekatkan Lazada dengan konsumennya.

Lazada akan menjadi e-commerce pertama yang mengadakan TV show selama harbolnas. TV show ini akan menjadi catatan sejarah dan bukti keseriusan Lazada untuk semakin dekat dengan konsumennya melalui acara hiburan.

"TV Show Pesta Menuju 12.12 ini akan menjadi pengalaman TV show pertama yang mengolaborasikan acara hiburan nonstop dengan pengalaman belanja yang begitu kuat. Di mana semua produk yang akan digunakan oleh performers TV show tersebut akan hadir di Lazada pada Harbolnas 2017 dengan diskon yang terbatas," kata Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

TV show "Pesta Menuju 12.12" akan dalam tujuh segmen. Di mana setiap segmennya konsumen bisa mendapatkan voucher belanja, promo, atau penawaran belanja yang menarik lainnya. Voucher ini bisa digunakan selama Haborlnas 2017 berlangsung. Tak hanya itu, juga akan ada flash sale dari mitra brand Lazada. Sebagai penutup acara, Lazada akan melakukan hitung mundur dimulainya Harbolnas 12.12.

Ada keseruan apa saja di Harbolnas 2017 ala Lazada di SCTV?  (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

Achmad menambahkan TV show ini dirancang dengan one stop entertainment. Sehingga akan ada beragam bentuk acara. Apa saja itu? Berikut rangkumannya.

1. Penyanyi ternama

Bagi para konsumennya yang menyukai musik, akan hadir penyanyi yang akan menghibur.

2. Games

Dalam Lazada Pesta Menuju 12.12 juga akan ada games berupa tebak-tebakan. Dengan adanya permainan ini mampu membangun interaksi antara Lazada dengan konsumen.

3. Awarding

Lazada telah bekerja sama dengan banyak brand. Dalam kesempatan ini, Lazada juga ingin memberikan penghargaan bagi mitra brand Lazada. Salah satu kategori yang diangkat adalah best brand ambassador. Di mana Lazada sudah membuka line voting bagi beberapa brand ambassador. Sejauh ini, Agnez Mo menduduki peringkat teratas sebagai brand ambassador dari Lakme. Disusul dengan Natasha Wilona sebagai brand amabassador Advan. Tak hanya bagi mitra brand, Lazada juga akan mengadakan award bagi UMKM yang sudah berjualan di Lazada. Ini sesuai dengan ambisi Lazada yang ingin meningkatkan bisnis UMKM secara online.

4. Fashion show

Lazada juga akan mengadakan fashion show dalam TV show "Pesta Menuju 12.12.". Semua produk yang digunakan oleh model dari fashion show tersebut akan dijual di Lazada dalam koleksi terbatas dan harga yang menarik.

5. Inspiring story

Lazada menyimpan banyak cerita inspiratif dari pedagang UMKM yang berjualan di Lazada. Di mana setiap pedagang UMKM memiliki cerita yang berbeda. Ada pedagang yang membangun bisnisnya dari nol, ada juga yang tetap semangat berjualan dengan keterbatasan fisik, hingga jatuh bangunnya bisnis para pedagang tersebut. Terbukti dengan segala permasalahan yang dihadapi para penjual ini, kini mereka sudah memiliki banyak staff dan usahanya semakin berkembang. Mereka juga akan diberikan penghargaan di TV show nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pipa Penyalur Gas Terbakar, 3 Karyawan Luka

Posted: 08 Dec 2017 09:32 PM PST

Pipa penyalur gas di area pengolah minyak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, terbakar pada Jumat, 8 Desember 2017 petang. Tiga karyawan yang sedang bertugas mengalami luka bakar serius sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (8/12/2017), tiga pekerja PT Trans Pacific Petrocemical Indotama dilarikan ke rumah sakit karena luka bakar. Satu di antaranya sesak napas.

Awalnya, ketiga korban mengalami kecelakaan kerja saat memperbaiki pompa gas. Namun nahas, gas hidrokarbon mengenai genset sehingga terjadi kebakaran dan menimbulkan ledakan.

Beruntung api segera dapat dipadamkan tim pemadam kebakaran perusahaan. Kini aktivitas pengolahan minyak dan gas di perusahaan tersebut sudah kembali normal, sementara ketiga korban masih dalam perawatan tim medis Rumah Sakit Umum Dokter Koesma Tuban, Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duo Serigala Jadi Korban Pencurian ART

Posted: 08 Dec 2017 09:30 PM PST

Penyanyi grup dangdut Duo Serigala menjadi korban pencurian oleh asisten rumah tangganya (ART) sendiri di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (9/12/2017), pedangdut Pamela Safitri melaporkan asisten rumah tangganya, Yeni, ke Polsek Kelapa Gading pada Jumat, 8 Desember 2017 siang dengan membawa bukti buku tabungan.

Pelaku mencuri uang korban senilai belasan juta rupiah dengan membobol tabungan korban. Personel Duo Serigala ini baru mengetahui kecurian setelah mendapat konfirmasi transaksi transfer dari pihak bank sebesar lebih dari Rp 12 juta.

Setelah dicek, ternyata pelaku mentranfer uang kepada orangtuanya. Korban mengaku teledor karena memberikan pin ATM kepada asistennya. Pelaku saat ini telah ditahan di Mapolsek Kelapa Gading.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tembakan Ginobili Bawa Spurs Bekuk Celtics

Posted: 08 Dec 2017 09:30 PM PST

San Antonio Spurs sukses menekuk Boston Celtics pada lanjutan NBA Jumat (8/12/2017) atau Sabtu (9/12/2017) siang WIB. Tembakan tiga angka Manu Ginobili membuat Spurs menang tipis 105-102.

Pertemuan Celtics dengan Spurs di AT&T Center berlangsung seru dan sengit sejak awal. Kuarter pertama jadi milik Celtics dengan skor 31-26. 

Memasuki kuarter dua, Spurs bangkit. Pasukan Gregg Popovich bisa unggul setengah bola saat jeda babak pertama. Celtics kembali mengendalikan permainan di kuarter tiga. Celtics memasuki kuarter empat dengan modal keunggulan lima angka.

Tapi Celtics lengah di kuarter empat. Ginobili jadi mimpi buruk bagi Celtics. Pria Argentina itu melakukan offensive rebound ketika laga tersisa 25 detik.

Ginobili kemudian melesakkan tembakan tiga angka ketika pertandingan hanya tersisa lima detik. Tembakan tiga angka Ginobili membuat Spurs unggul 105-102.

 

 

Pertandingan nyaris berlanjut hingga overtime jika saja tembakan tiba angka point guard Kyrie Irving saat buzzer tak meleset.

Ginobili di laga ini finis dengan 11 poin. Top scorer Spurs adalah power forward LaMarcus Aldridge dengan 27 poin dan 10 rebound.

Sementara di kubu Celtics, Irving sebenarnya tampil gemilang di laga ini. Eks pemain Cleveland Cavaliers itu membuat 36 angka. Dia memasukkan enam kali tembakan tiga angka.

Kekalahan dari Spurs merupakan yang kelima dialami Celtics di musim ini. Rekor menang-kalah mereka menjadi 22-5. Sedangkan Spurs kini memiliki rekor 18-8.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes RI Simpan Seribu Dosis Anti-Difteri Serum

Posted: 08 Dec 2017 09:30 PM PST

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyimpan stok anti-difteri serum (ADS) sebanyak 1.000 dosis. Oleh karena itu, diharapkan rumah sakit jangan khawatir dengan kelangkaan ADS sebagai obat anti-difteri.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Mohamad Subuh, mengimbau agar rumah sakit tetap melakukan SOP (prosedur operasi standar) penanganan kasus difteri dengan tetap melaporkan kasus-kasus yang mereka terima.

ADS adalah obat yang paling efektif, tapi juga produksinya masih langka. Pemberiannya pun tak boleh asal, harus dipastikan dulu bahwa pasien tersebut benar-benar positif difteri.

"ADS expired-nya hanya sebentar. Jadi ini benar-benar harus kita gunakan dengan efektif. Saya selalu berkomunikasi dengan profesi, dokter anak, dokter spesialis penyakit dalam bisa menegakkan diagnosis ini (difteri) secara tepat kerena obatnya terbatas sekali," ujar Subuh dikutip dari situs Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, Sabtu, 9 Desember 2017.

 

Difteri, Wabah Mematikan yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi (adriaticfoto/shutterstock)

Di sisi lain, ucap Subuh, Kemenkes sudah berkomunikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di India dan Genewa untuk membantu mencari obat difteri.

"Saya sudah berkomunikasi dengan mereka dan mereka sudah merespons akan menyiapkan yang Indonesia perlukan," Subuh menambahkan.

Anti-difteri serum ini nantinya akan diberikan kepada pasien difteri dengan bentukan pseudomembran (lapisan putih) pada mukosa hidung, mulut, sampai tenggorokan.

Subuh menjelaskan, ADS lebih berperan menurunkan membran putih. Biasanya, dalam kurun waktu tiga sampai lima hari bisa turun.

Selain ADS, antibiotik perlu diberikan terutama bagi keluarga atau orang yang dekat dengan pasien difteri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Istri Bupati Pidie Dan Ajudan Tewas di Tol Cipali

Posted: 08 Dec 2017 09:30 PM PST

Mobil rombongan Bupati Pidie Provinsi Aceh kecelakaan di ruas tol Cipali. Insiden ini mengakibatkan tiga orang tewas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Ogah Serius, Tora Sudiro Takut Kalah Eksis dari YouTube‎

Posted: 08 Dec 2017 09:30 PM PST

Perkembangan media sosial membuat Tora Sudiro senang sekaligus khawatir. Di satu sisi bintang Extravaganza itu terbantu dengan beragam informasi yang disajikan media sosial, di sisi lain Tora Sudiro menilai media sosial dapat memberi pengaruh besar.

Ia pun memberi contoh tentang YouTube yang digandrungi anak-anaknya. Menurut Tora Sudiro, anak-anaknya lebih sering menonton YouTube ketimbang film-filmnya.

‎"Anak gue lebih nonton YouTube daripada nonton bapaknya," kata Tora Sudiro di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2017).

Oleh karena itu, Tora Sudiro mencoba cara lain dalam melakukan pendekatan kepada anak-anaknya. Suami Mieke Amalia ini khawatir eksistensinya di depan anak-anak bisa tergeser jika terlalu bersikap serius.

 

"Saya enggak pernah serius dengan anak-anak. Biarin aja yang serius-serius didapat dari sekolahan. Kalau gue terlalu serius, takut keberadaan gue kalah sama YouTube," ujar bintang film 'Warkop DKI Reborn' ini.

Selain itu, Tora Sudiro sempat terpikir untuk menjadikan YouTube sebagai media mendekatkan diri dengan anak. Namun, hingga kini Tora Sudiro masih belum sanggup membuat channel YouTube untuk anak-anaknya.

"Waktu itu sih mau coba (bikin channel YouTube). Cuma kadang waktunya syuting kan makan waktu. Jenaka sih sempat mau dibuatkan, dia suka eksperimen slime tapi gagal terus, menurut gue lucu. Cuma kalau bikin channel YouTube kan bakal jadi PR harus tanggung jawab seminggu keluarkan materi baru," ucap Tora Sudiro. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Usut Temuan Jasad Termutilasi di Karawang

Posted: 08 Dec 2017 09:28 PM PST

Polisi terus mencari barang bukti di lokasi penemuan jasad tanpa kepala dan kaki dalam kondisi hangus terbakar di Karawang, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (9/12/2017), berdasarkan hasil identifikasi sementara, polisi menemukan tato di punggung dan dada korban.

Tim Inafis Polda Jawa Barat dikerahkan untuk membantu aparat Polres Karawang dalam penyelidikan kasus tersebut. Untuk mencari barang bukti, tim Inafis pada Jumat, 8 Desember 2017 siang menyisir lokasi penemuan jenazah di Desa Ciranggon, Karawang, Jawa Barat.

Berdasarkan penyelidikan sementara, diduga korban dibunuh sejak empat hari lalu dan dibuang di lokasi tersebut. Hasil identifikasi sementara polisi menemukan tato kupu-kupu di punggung dan tato berupa tulisan 'stones' di bagian dada.

Diperkirakan korban yang ditemukan tanpa kepala dan kaki dengan kondisi tubuh terbakar berusia 20 hingga 25 tahun. Demi kepentingan penyelidikan, lokasi penemuan jasad dipasang garis polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Selokan Kota Batam

Posted: 08 Dec 2017 09:26 PM PST

Jasad laki-laki tanpa identitas ditemukan di selokan air kawasan Batam, Kepulauan Riau pada Jumat, 8 Desember 2017 malam. Diduga korban dibunuh karena terdapat luka bacokan di bagian wajah dan tangan.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (9/12/2017), warga di kawasan Simpang Kuda Sei Panas, Kecamatan Batam Kota mendadak geger dengan penemuan jenazah tersebut.

Diduga korban dibunuh, karena jasad mengalami luka bacok bekas hantaman benda tumpul di bagian wajah dan tangannya. Jenazah tanpa identitas tersebut ditemukan oleh warga dengan masih mengenakan pakaian lengkap di sebuah selokan air.

Polisi langsung olah tempat kejadian perkara dan mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Bhayangkara, Polda Kepulauan Riau untuk diautopsi.

Polisi mengumpulkan barang bukti dan meminta keterangan sejumlah saksi guna penyelidikan lebih lanjut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Gerindra Pilih Sudrajat Jadi Cagub di Pilkada Jabar 2018

Posted: 08 Dec 2017 09:22 PM PST

Partai Gerindra mantap memilih Mayjen (Purn) Sudrajat sebagai calon Gubernur Jawa Barat di Pilkada 2018 mendatang.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, keputusan bulat memilih Sudrajat juga akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Iya resmi memilih Pak Sudrajat, nanti deklarasinya di Hambalang (kediaman Parbowo) pukul 15.30 WIB," kata Fadli Zon di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2017).

Wakil Ketua DPR ini menyebutkan, Sudrajat dipilih partainya melalui pertimbangan yang matang. Menurutnya, Sudrajat juga memiliki track record yang bagus, meski elektabilitasnya belum teruji.

"Pilihan itu menjadi salah satu yang terbaik. Pak Sudrajat juga kan mantan Kadispen AU, track record-nya juga bagus kok. Dulu juga Pak Jokowi elektabilitasnya rendah waktu jadi Gubernur DKI, kita yang angkat-angkat," tutur dia.

Ia berujar, kemungkinan besar Gerindra akan berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju di Pilkada Jabar, sekaligus mencari sosok yang tepat untuk mendampingi Sudrajat.

"Insyaallah dengan PKS kita di Jabar. Kita menginginkan orang yang kuat dan terbaik, bukan cuma populer," ujar Fadli Zon.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boca Juniors Buka Pintu Untuk Carlos Tevez

Posted: 08 Dec 2017 09:20 PM PST

Presiden Boca Juniors, Daniel Angelici, membuka pintu klubnya untuk Carlos Tevez. Ia berharap pemain asal Argentina itu kembali ke La Bombonera.

Carlos Tevez merupakan pemain dengan gaji terbesar di dunia saat ini. Pemain 33 tahun itu menerima pemasukan sebesar 615 ribu pounds per pekan di klub Tiongkok, Shanghai Shenhua. Namun, performa sang pemain tidak sesuai dengan gajinya.

Ia baru mencetak empat gol dalam 20 pertandingan di Liga Tiongkok. Selain itu, Tevez juga dinilai tak bisa mengontrol berat badan, hingga akhirnya terlihat kegemukan di lapangan.

Pemain yang juga sempat membela Manchester United dan Manchester City itu juga digosipkan bakal segera kembali ke Amerika Selatan. Boca pun siap menampungnya.

Carlos Tevez (AFP/Alejandro Pagni)

"Saya optimistis dengan Tevez, tapi kami harus berhati-hati. Perwakilannya sedang menegosiasikan kepergiannya dari Tiongkok. Pertama, kami ingin melihat bagaimana hubungannya dengan klub berakhir, apakah ia akan terus atau tidak," kata Angelici kepada Sportia. 

"Kami berharap situasi ini akan diselesaikan sebelum Januari. Pertama kami ingin menunggu saat ikatan Tevez dengan klub Tiongkok diselesaikan. Jika Tevez diizinkan pergi, maka saya ingin mengontraknya dua tahun lagi," Angelici menambahkan.

Tevez sendiri sebelumnya sempat membela Boca selama dua periode yakni 2001-2005 dan 2015-2016. Bersama Boca, Tevez tampil dalam 168 laga dan mencetak 63 gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pinkan Mambo Rawat 5 Anak Tanpa Bantuan Baby Sitter

Posted: 08 Dec 2017 09:20 PM PST

Penyanyi Pinkan Mambo saat ini sudah memiliki 5 anak yang terbilang masih kecil. Meski terbilang memiliki 5 anak, mantan teman duet Maia Estianty ini mengaku tidak memerlukan jasa baby sitter dalam merawat.

5 anak Pinkan Mambo, dua anak terakhir masih kecil. Dirinya pun memanfaatkan anak kedua untuk menjaga dua bayinya jika memang dibutuhkan.

Hal tersebut dilakukan bukan karena dirinya tak mampu menyewa baby sitter, melainkan supaya bisa lebih dekat dengan anak-anaknya.

"Bukannya saya nggak bisa membayar suster atau pembantu tetapi saya punya misi tertentu. Jadi anak-anak bisa lebih dekat dengan orang tua juga, jadi cinta anak dengan orang tua itu memang nomor satu selain bisa menghemat biaya juga sih," ujar Pinkan Mambo di Jakarta, Kamis (7/12/2017)

Di rumah, Pinkan berbagi tugas dengan anak kedua untuk menjaga dua bayinya yang masih kecil. Dari pagi hingga sore, Pinkan merawat bayi hingga saat sang anak kedua, Michelle, pulang sekolah, baru keduanya bergantian tugas. 

"Aku memang ingin membiasakan dekat dengan anak. Selain itu hubungan antara adik dan kakak juga bisa dekat," pungkas Pinkan Mambo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh Penemuan Mayat Hangus Warga Karawang

Posted: 08 Dec 2017 09:16 PM PST

Sesosok mayat diduga berkelamin perempuan ditemukan warga dalam kondisi hangus terbakar. Di semak-semak dekat pemukiman warga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkominfo Lantik 7 Komisioner Komisi Informasi, Apa Fungsinya?

Posted: 08 Dec 2017 09:10 PM PST

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara melantik 7 Komisioner Komisi Informasi (KI) Kabupaten/Kota.

Adapun yang dilantik adalah Tulus Subardjono, Gede Narayana Sunarkha, Arif Adi Kuswardono, Wafa Patria Umma, Hendra J Kede, dan Romanus Ndau Lendong.

Komisioner Komisi Informasi Provinsi DKI Gede Narayana menuturkan, masih banyak yang belum mengetahui fungsi instansinya. Padahal, KI jelas untuk mengetahui standar layanan informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik, melalui mediasi dan atau ajudikasi non-litigasi.

"Bahwa Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan UU KIP dan peraturan pelaksanaannya," ucap Gede di Jakarta, Jumat 8 Agustus 2017.

Dia menuturkan, hasil putusan Majelis Komisioner Komisi Informasi bersifat independen dalam persidangan sengketa informasi. Baik antara pemohon informasi publik dan termohon dari badan publik.

"Sehingga tidak ada lembaga manapun juga yang dapat mengintervensi Komisi Informasi dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai lembaga mandiri," jelas Gede.

Di sisi lain, dia menyampaikan, pelantikan ini tergolong spesial. Sebab, pada periode pertama komisioner KI Pusat 2009-2013 sumpah jabatan dilakukan terhadap komisioner KI Pusat 2017-2021 namun belum ada serahterima.

"Kemudian pada komisioner KI Pusat 2013-1017 juga tanpa pelantikan dan hanya melaksanakan serah terima jabatan dari komisioner periode sebelumnya. Sedangkan hari sudah dilakukan sepenuhnya," pungkas Gede.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Direktur Tim-tim Sepakat Tak Dukung Motor Listrik di MotoGP

Posted: 08 Dec 2017 09:10 PM PST

Direktur tim MotoGP, ramai-ramai menentang wacana penggunaan bahan bakar listrik di MotoGP. Menurut mereka, penggunaan tenaga listrik bakal mengurangi greget MotoGP.

"Jika ada kelas khusus itu, tidak apa-apa. Tapi saya sudah berusia 53 tahun dan saya akan rindu suara mesin," ujar Direktur tim Repsol Honda, Livio Suppo seperti dilansir Crash.

Opini yang sama juga dinyatakan Paolo Ciabatti. Direktur tim Ducati MotoGP, ini menilai wacana penggunaan tenaga listrik bakal menurunkan semarak MotoGP,.

"Saya sudah berusia 60 tahun, jadi ini akan lebih buruk. Saya butuh kebisingan," kata Ciabatti.

 

 

 

Tak ketinggalan menyuarakan opininya adalah Direktur KTM Pit Beirer. Menurutnya, MotoGP sekarang ini sudah cukup fantastis.

Maka dari itu, wacana penggunaan tenaga listrik sebaiknya tidak ada. "Saya senang dengan MotoGP sekarang, dengan suara fantastis mesinnya. Saya harap kita bisa seperti ini untuk waktu yang lama," kata Breier.

"Saya tidak melihat mesin listrik tidak bisa mengambil alih kelas MotoGP dalam 15 tahun ke depan, ini opini pribadi saya," ujar Beirer menambahkan.

Meski menentang wacana tenaga listrik, Beirer menilai pengunaan tenaga listrik bisa bermanfaat bagi balapan motor lain. Breier mencontohkan balapan motorcross.

Valentino Rossi saat mengendarai motor YZRM1 (twitter)

"Kita bisa lebih dekat ke kota dengan motor mesin listrik. Namun saya tidak melihat motor jenis itu mengambil alih kegemaran kita terhadap motor konvensional. Kita tunggu masa depan seperti apa," kata Beirer.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karena Cinta Ditolak, Siswa SD Tawuran Bawa Balok Kayu

Posted: 08 Dec 2017 09:05 PM PST

Video berjudul 'Terjadi tawuran yang dilakukan oleh anak SD' viral di situs jejaring sosial Facebook  sejak Kamis, 7 Desember 2017. Dalam video berdurasi 22 detik tersebut, terlihat sekelompok siswa sekolah dasar, saling teriak dan nyaris menyerang satu sama lain menggunakan balok kayu. 

Sejak diunggah, video tersebut telah ditonton lebih dari 19 ribu kali dan dibagikan hingga ratusan kali.

Informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, video tersebut terjadi di depan SD Negeri Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala SD Sudirman III, Muchtar membenarkan hal tersebut, menurutnya aksi saling kejar menggunakan balok kayu itu terjadi antara kelompok siswa SD Negeri Gaddong dan kelompok siswa SD Negeri Sudirman. 

"Murid SDN Gaddong itu datang ke SDN Sudirman, mereka berempat," kata Muchtar, Jumat, 8 Desember 2017. 

Tujuan para siswa SD Negeri Gaddong datang ke SD Negeri Sudirman adalah untuk menemui siswa SD Negeri Sudirman yang juga menyukai siswi pujaan hatinya. 

"Siswa SDN Gaddong itu menaruh hati kepada salah seorang siswi di SDN Sudirman. Diapun ditolak cintanya, kabarnya ditolak karena siswi itu suka sama teman sekolahnya sendiri di SDN Sudirman," jelasnya. 

Sepulang sekolah, lanjut Muchtar, siswa dari SD Negeri Sudirman kemudian menemui siswa dari SD Negeri Gaddong, hingga akhirnya terjadi saling kejar diantara keduanya di trotoar Jalan Jenderal Sudirman. 

"Namanya juga anak-anak, Karena siswa SDN Gaddong itu ditolak cintanya makanya diejek sama murid-murid disini, diteriaki kasihan cintanya ditolak," jelas Muchtar. 

Saling ejek itu yang kemudian memicu pertengkaran di antara kedua kelompok siswa dari sekolah dasar yang berbeda ini. Beruntung kejadian tersebut cepat dibubarkan oleh pihak sekolah sebelum menelan korban, pasalnya kedua kelompok siswa sekolah dasar ini menggunakan balok kayu.

"Sebenarnya bukan tawuran ya, karena mereka hanya saling kejar satu sama lain. Balok kayu yang digunakan itu diambil dari depan sekolah, karena sekolah sementara dalam pengerjaan, balok kayu itu bukan sengaja dipersiapkan," ujar Muchtar. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Kompleks sekolah dasar yang terlibat tawuran. Foto: (Fauzan/Liputan6.com)

Kepolisan Sektor (Polsek) Ujung Pandang, Kota Makassar berencana memediasi kedua pihak sekolah dasar di Makassar yang terlibat tawuran, Kamis 7 Desember 2017 di depan kantor Bank Negara Indonesia (BNI) tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar.

"Besok proses mediasi kita lakukan agar tidak terjadi tawuran susulan. Apalagi yang terlibat murid SD yang rawan terprovokasi," kata personil Bhabinkamtibmas Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Aiptu Bahar Rampe via telepon, Jumat, 8 Desember 2017.

Menurutnya, tawuran antar-murid SD Sudirman Makassar dan murid SD Gaddong Makassar tersebut, berawal dari kisah cinta segitiga. Di mana ada seorang bocah laki-laki yang sekolah di SD Gaddong Makassar menyukai seorang bocah perempuan yang sekolah di SD Sudirman Makassar.

"Keduanya bertetangga. Bocah laki-laki ini suka sama bocah perempuan. Tapi cintanya ditolak," kata Bahar.

Bocah laki-laki yang merupakan murid SD Gaddong Makassar itu menuding kalau cintanya ditolak oleh bocah perempuan yang merupakan murid SD Sudirman Makassar itu, karena kehadiran pihak ketiga. Yakni teman sekelasnya sendiri.  

"Akhirnya bocah laki laki itu datang ke SD Sudirman bersama dengan 4 orang temannya. Tapi saat tiba di SD Sudirman, bocah laki-laki bersama temannya itu lalu dikejar sama murid laki-laki SD Sudirman hingga ke depan Bank BNI Makassar," terang Bahar.

Video tawuran antar murid SD Sudirman Makassar dan murid SD Gaddong Makassar ini awalnya heboh dan menjadi viral di media sosial. Dalam video itu, mereka yang terlibat tawuran tampak masih mengenakan seragam sekolah sambil membawa balok kayu. Murid SD Sudirman ini keluar dari lingkungan sekolahnya dan berada di depan sekolah, tepatnya di trotoar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otoritas Mesir Deportasi Mahasiswa RI yang Sempat Ditahan

Posted: 08 Dec 2017 09:03 PM PST

Dinas Keamanan Nasional Mesir memutuskan untuk mendeportasi mahasiswa Al Azhar asal Riau, Muhammad Fitrah, pada Sabtu, 9 Desember dini hari, setelah ditahan sejak 22 November 2017. 

"Fitrah dibawa dari penjara Kantor Polisi Nasr City Kairo ke Bandara Kairo, Jumat (8/12) malam dan dipulangkan ke Indonesia dengan penerbangan Sabtu dini hari waktu Kairo," demikian keterangan Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzy, dalam rilis media yang diterima Liputan6.com dari KBRI Kairo, Sabtu (9/12/2017).

Helmy menjelaskan, setelah pada 7 Desember mendapat konfirmasi otoritas Mesir soal rencana deportasi tersebut, KBRI Kairo segera mengatur kepulangan Fitrah dengan penerbangan pada kesempatan pertama yang tersedia.

"Dalam proses pemulangan di Bandara Kairo, saudara Fitrah didampingi oleh staf KBRI Kairo," ucap Helmy.

Pada kesempatan menjenguk Fitrah pada 6 Desember 2017, KBRI Kairo telah memfasilitasi Fitrah untuk berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia.

"Waktu membesuk kemarin bersama Ibu Dwi Ria Latifa, istri Dubes Helmy, langsung dihubungkan dengan keluarganya di Riau per telepon," demikian menurut Ninik Rahayu, Pelaksana Fungsi Konsuler KBRI Kairo.

Muhammad Fitrah adalah salah satu dari 19 mahasiswa Indonesia yang dideportasi pemerintah Mesir pada 2017. Pada 22 November 2017, Fitrah ditangkap bersama empat mahasiswa RI lainnya dalam razia aparat keamanan Mesir di kawasan Nasr City, Kairo.

Helmy mengatakan, lima mahasiswa Indonesia ditahan pada 22 November tersebut. Dua di antaranya telah dibebaskan langsung oleh Otoritas Mesir di hari yang sama karena bisa menunjukkan izin tinggal. Sementara itu, dua lainnya telah dideportasi ke Indonesia pada tanggal 30 November 2017.

Dalam perkembangannya, meski masih memiliki izin tinggal, Fitrah tetap dideportasi karena alasan keamanan.

"Ini yang sedang kita akan dalami dan komunikasikan dengan pemerintah Mesir. Alasan keamanan seperti apa yang membuat Fitrah harus dideportasi meski dia memiliki izin tinggal," kata Helmy yang juga mantan anggota Komisi I DPR-RI dari Fraksi PDI-Perjuangan tersebut.

Dalam keterangan pers sebelumnya, atas alasan situasi dan prosedur imigrasi dan keamanan yang belum kondusif di Mesir, KBRI Kairo mengimbau pemerintah Indonesia untuk menghentikan sementara pengiriman mahasiswa Indonesia ke Mesir.

Helmy mengkhawatirkan kejadian penahanan mahasiswa Indonesia di Mesir, yang sedang berada dalam status darurat itu, akan terus berulang mengingat terdapat sejumlah mahasiswa Indonesia yang belum memperoleh perpanjangan izin tinggal.

"Imbauan ini ditujukan sebagai upaya perlindungan warga dan tentu semua ini untuk kepentingan ketenangan proses studi mahasiswa di Mesir," demikian ujar Dubes Helmy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Aksi Jet Tempur Iringi Sertijab Panglima TNI

Posted: 08 Dec 2017 09:02 PM PST

Sejumlah prajurit TNI mengikuti serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah prajurit TNI mengikuti serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atraksi fly pass jet tempur menghiasi langit lapangan serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Jenderal Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando ke Marsekal Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atraksi fly pass jet tempur menghiasi langit lapangan serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Jenderal Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando ke Marsekal Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah prajurit TNI mengikuti serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah prajurit TNI mengikuti serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan pesawat tempur melintas di atas lokasi serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Jenderal Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando ke Marsekal Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan pesawat tempur melintas di atas lokasi serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Jenderal Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando ke Marsekal Hadi Tjahjanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pesawat tempur menghiasi langit lapangan upacara serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Lima pesawat F-16 dan lima pesawat Sukhoi terbang menjadi dua kloter. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pesawat tempur menghiasi langit lapangan upacara serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12). Lima pesawat F-16 dan lima pesawat Sukhoi terbang menjadi dua kloter. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Cahill Cari Klub, Kans Menuju Indonesia?

Posted: 08 Dec 2017 09:02 PM PST

Bintang sepak bola Australia, Tim Cahill, kini berstatus tanpa klub selepas meninggalkan Melbourne City, klub yang dibelanya sejak musim 2016-2017. Pemain 38 tahun ini meninggalkan klub peserta A-League itu karena ingin mendapat menit bermain lebih tinggi.

Padahal, saat ini A-League musim 2017-2018 masih bergulir dan Tim Cahill sebenarnya diikat Melbourne City dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Namun, sejak kedatangan pelatih baru, Warren Joyce, Cahill jadi jarang bermain. Sementara A-League musim ini baru tuntas digelar pada Mei 2018. Alhasil, hal itu memengaruhi peluangnya untuk tampil di Piala Dunia 2018 bersama Timnas Australia.

Cahill tercatat hanya tampil sekali sebagai starter dan enam kali bermain dari bangku cadangan pada musim 2017-2018 ini, meski ia punya peran penting dalam kelolosan Australia ke Piala Dunia 2018. Tak ingin kansnya di The Socceroos terancam, Cahill memilih hijrah dan kini ia mencari pelabuhan baru.

"Saya butuh bermain dan tetap fit. Untuk sampai ke Piala Dunia, Anda harus bermain di level tertinggi. Tugas saya mengantar timnas ke Piala Dunia dan tugas selanjutnya adalah menguji diri sendiri untuk melihat seberapa kompetitif saya jika ingin berada di Piala Dunia," ujarnya.

"Saya akan memastikan itu, bagaimana pun saya akan bermain. Jika tidak, saya akan mencari jalan keluar untuk tetap bisa bermain," lanjut pemain yang pada 6 Desember lalu berusia 38 tahun itu.

Pemain yang namanya melambung saat bermain bersama Everton ini menginsyaratkan kali ini ia akan kembali bermain di luar Australia. Sebelum memperkuat Melbourne City, Cahill pernah bertualang bersama New York Red Bulls, Shanghai Shenhua, dan Hangzhou Greentown.

Di sisi lain, Cahill yang sedang mencari klub ini mungkin bisa dimanfaatkan klub-klub di wilayah Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. Meski sudah berumur, Cahill masih layak diperhitungkan.

Apalagi sesuai data Transfermarkt, per 5 Desember 2017, nilai pasar Tim Cahill "hanya" sekitar 500 ribu euro atau sekitar Rp 8 miliar. Lantas, apakah Cahill tertarik mempertimbangkan opsi bermain di Indonesia? 

Sumber: SBS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gianluigi Buffon Absen saat Juventus Menjamu Inter Milan

Posted: 08 Dec 2017 09:00 PM PST

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, tidak ada dalam skuat La Vecchia Signora untuk laga kontra Inter Milan di Juventus Stadium, Minggu (10/12/2017) dini hari WIB. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, tidak memasukkan nama kiper veteran itu dalam skuat untuk Derby d'Italia.

Juventus menghadapi laga yang sangat penting pada giornata ke-16 Serie A 2017-2018. Kemenangan atas Inter Milan akan membuat La Vecchia Signora naik ke puncak klasemen sementara Serie A.

Jelang laga tersebut, Allegri mengumumkan skuat yang dipilih untuk menghadapi Nerazzurri. Pelatih Juventus itu pun telah menegaskan bahwa Buffon tak dibawanya karena belum bisa pulih dari cedera betis.

Sebagai penggantinya, Allegri akan memberikan kesempatan untuk kiper berusia 18 tahun bernama Leonardo Loria untuk masuk dalam skuat. Kiper muda itu menjadi opsi ketiga Juventus di bawah mistar gawang setelah Wojciech Szczesny dan Carlo Pinsoglio.

Selain Buffon, Juventus juga akan tanpa Stephan Lichtsteniner dalam pertandingan penting ini. Namun, Giorgio Chiellini, akan kembali masuk dalam skuat setelah absen dalam laga kontra Olympiakos di Liga Champions.

Juventus saat ini berada di posisi ketiga dengan 37 poin. Bianconeri terpaut dua poin dari Inter Milan yang berada di posisi puncak dan satu poin dari Napoli yang berada di posisi kedua. Kemenangan dalam derby d'Italia akan membuat Juventus bisa menempati puncak klasemen setidaknya selama beberapa jam hingga Napoli menghadapi Fiorentina.

Berikut skuat Juventus untuk menghadapi Inter Milan:

Kiper: Wojciech Szczesny, carlo Pinsoglio, Leonardo Loria.

Bek: Mattia De Sciglio, Giorgio Chiellini, Mehdi Benatia, Alex Sandro, Andrea Barzagli, Daniele Rugani.

Tengah: Miralem Pjanic, Juan Cuadrado, Claudio Marchisio, Blaise Matuidi, Douglas Costa, Kwadwo Asamoah, Stefano Sturaro, Rodrigo Bentacur.

Depan: Gonzalo Higuain, Paulo Dybala, Mario Mandzukic, Filippo Bernardeschi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Menteri Jonan Terbang dengan Ada Gangguan Mesin Pesawat

Posted: 08 Dec 2017 09:00 PM PST

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan BBM satu harga di Bengkulu. Dengan peresmian tersebut, saat ini ada 38 titik BBM satu harga di Indonesia.

Di balik peresmian tersebut, ada hal menarik yang dialami Jonan. Awalnya, Jonan akan meresmikan salah satu titik BBM satu harga di Pulau Enggano, namun hal itu batal karena pesawat yang ditumpanginya kembali ke Bandara Fatmawati Bengkulu.

"Saya sudah terbang dengan pesawat kecil double engine niatnya mau ke Enggano, tapi pas terbang 10 menit, ada pengumuman kalau satu engine mati, lalu diputuskan untuk kembali," kata Jonan di Kementerian ESDM seperti ditulis, Sabtu (9/12/2017).

Dengan demikian, Jonan dan rombongan kembali ke Bandara Fatmawati hanya menggunakan satu mesin pesawat. Di dalam pesawat, Jonan mengaku mencoba untuk tenang.

Dalam satu pesawat Jonan di antaranya bersama dengan Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa dan juga Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik.

Selama penerbangan, ia menceritakan pesawat terus mengalami turbulance akibat pengaruh cuaca dan hanya terbang dengan satu mesin.

"Saya lihat Kepala BPH Migas juga tetap tenang, pas begitu mendarat dia cerita ke saya kalau bersyukur sekali akhirnya landing, ternyata panik juga," cerita Jonan.

Pesawat yang digunakan Jonan sebenarnya telah bertolak dari Bandara Fatmawati kemarin pukul 09.00 WIB. Namun setelah 10 menit, pesawat itu tiba kembali.

Akhirnya peresmian titik BBM satu harga di Pulau Enggano dilakukan di ruang VIP Bandara Fatmawati Bengkulu.

Ignasius Jonan menuturkan, dipilihnya Pulau Enggano sebagai salah satu program BBM satu harga, karena di wilayah ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan di kota Bengkulu itu sendiri. "Enggano ini salah satu pulau terluar," ujar dia (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya PT Pertamina (Persero) telah menambah empat titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) yang menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga. Dengan tambahan ini maka Pertamina telah mengoperasikan BBM Satu Harga di 38 titik. Ditargetkan pada akhir tahun ini sebaran BBM Satu Harga mencapai 54 titik.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, ‎dalam mengemban tugas pemerintah, Pertamina terus menambah jumlah lembaga penyalur BBM Satu Harga dengan meresmikan pengoperasian empat SPBU di beberapa wilayah terpencil, terdepan, dan terluar (3T) pulau Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara.

"Pengoperasian SPBU di wilayah 3T menjadi bukti nyata hadirnya Pertamina untuk memenuhi tugas negara mendistribusikan energi hingga ke pelosok negeri,‎" kata Elia, di Bengkulu, Jumat 8 Desember 2017.

Keempat titik tersebut meliputi SPBU Kompak 26.38301 di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, SPBU kompak 16.253.121 di Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Kemudian SPBU Mini 65.77303 di Kecamatan Biduk Biduk, Kab. Berau, Provinsi, Kalimantan Utara dan SPBU 54.85709 di Kecamatan Atambua, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dengan tambahan 4 titik tersebut, berarti telah terdapat 38 titik SPBU BBM Satu Harga dari 54 titik yang ditargetkan pada 2017.

Elia mengungkapkan, Pertamina secara konsisten terus mendukung program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait dengan ketahanan energi nasional melalui pengoperasian SPBU BBM Satu Harga di wilayah 3T.

Keberadaan SPBU di wilayah tersebut sangat vital bagi upaya pemerintah mendongkrak perekonomian setempat.

Pengoperasian SPBU Kompak ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat, dengan demikian, mobilitas masyarakat akan semakin tinggi namun lebih efisien sehingga diharapkan perekonomian juga bergerak lebih cepat.

Seperti diketahui, di Enggano yang menggunakan BBM untuk transportasi darat, laut dan usaha perikanan, sebelum beroperasinya SPBU BBM Satu Harga tersebut, masyarakat harus membeli Premium dan Solar subsidi Rp 10.000 per liter.

"Sinergi yang kuat dari semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan investor sangat diperlukan dalam merealisasikan salah satu bagian dari Nawacita Presiden Jokowi dalam mewujudkan ketahanan energi hingga pelosok nusantara," tutup Elia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekuni Dunia Tinju, Legenda MU Berlatih Bersama Pacar Seksinya

Posted: 08 Dec 2017 09:00 PM PST

Bek legendaris Manchester United (MU), Rio Ferdinand, tampaknya kian serius mencoba alih profesi menjadi petinju. Dia bahkan sampai mengajak pacar seksinya, Kate Wright latihan bersama.

Ferdinand memang coba ikuti jejak legenda kriket, Andrew Flintoff yang mencoba dunia tinju. Dia saat ini bekerja sama dengan Betfair dalam sebuah promosi "Defender to Contender" .

Proyek itu akan membantunya mendapatkan lisensi bertinju. Mantan bek tangguh MU ini, sekarang tengah berlatih dengan mantan juara kelas menengah super WBC, Richie Woodhall.

Namun, beberapa hari lalu Ferdinand tampak sangat berapi-api. Terang saja, kali ini ada sang kekasih yang setia menemaninya berlatih.

Bahkan. Wright dengan tubuh aduhainya itu juga ikut mengangkat beban. Ada satu momen kala Ferdinand berlatih sang kekasih angkat beban.

Dia malah melihat tubuh Wright dan sambil bercanda membantunya berlatih. Setelah sesi angkat beban, mantang bintang MU ini kemudian berlatih dengan samsaknya.

Rio Ferdinand berfoto usai mengikuti press conference dengan teman

Rekan duet Nemanja Vidic itu belakangan rindu atmosfer kompetisi. Hal itulah yang juga menjadi latar belakang dia coba menggeluti dunia tinju.

"Saya merasa fit dan salah satu hal besar yang telah saya lewatkan sejak pensiun dari sepak bola pada 2015 adalah kompetisi, apakah itu sebagai tim atau individu yang berhadapan satu lawan satu melawan striker," kata Ferdinand.

Rio Ferdinand saat berkostum Manchester United pada ajang Piala FA (1/4/2013). Saat ini Rio beralih profesi menjadi seorang petinju pro. (AFP/Glyn Kirk)

Ferdinand sudah lama memutuskan banting stir menjadi petinju. Ferdinand mengumumkan kepindahannya ke ring tinju lewat akun twitternya @rioferdy5.

"Akhirnya, tak sabar untuk memulai dengan tim @betfair bersama dengan @richiewoodhall dan @meldaine," tulis Ferdinand. (Eka Setiawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Tungau Bersarang di Bulu Mata Wanita Ini, Akibatnya...

Posted: 08 Dec 2017 09:00 PM PST

Selama dua tahun terakhir, seorang perempuan dari Hubei, Tiongkok mengalami gatal dan kemerahan pada matanya. Meski gejala itu berkepanjangan, tapi Xu tak pernah memeriksakannya ke dokter dan hanya mengandalkan obat tetes mata.

Kondisinya pun semakin memburuk setelah rasa gatal meningkat dan bulu matanya mulai menempel satu sama lain. Karena melihat ada yang tak beres, keluarganya akhirnya membawa Xu ke rumah sakit.

Ketika diperiksa menggunakan mikroskop, dokter tercengang ketika menemukan ada banyak tungau bulu mata yang berada di folikel bulu mata Xu. Dalam satu folikel rambut, dokter menemukan lebih dari 10 tungau. Diperkirakan, ada lebih dari 100 tungau yang berada di bulu matanya.

Melansir Worldofbuzz, Jumat (8/12/2017), Xu pun didiagnosis mengalami konjungtivis dan blepharitis, atau suatu kondisi di mana kelopak mata meradang karena infeksi bakteri yang disebabkan oleh tungau.

 

(Oriental Daily)

Dokter mengatakan bahwa yang dialami Xu disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara di kamarnya dan kebersihan diri. Dokter menduga bahwa tungau di sarung bantalnya telah berimigrasi ke bulu matanya, karena Xu mengaku bahwa dia tak mengganti sarung bantalnya selama 4 - 5 tahun.

Namun, setelah perawatan kondisinya kini membaik. Dia bahkan sudah sembuh total.

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takaran Air yang Harus Diminum Saat Diare, Jangan Sampai Kurang

Posted: 08 Dec 2017 09:00 PM PST

Diare adalah salah satu gejala penyakit yang paling sering dialami oleh semua orang. Kasusnya bisa mencapai 2 juta per tahun, dengan anak-anak sebagai penderita terbanyak. Keluhan diare ini bisa terasa ringan hingga berat dan mengancam jiwa.

Diare dapat menimbulkan komplikasi pada penderitanya, seperti kekurangan cairan (dehidrasi) dan kekurangan elektrolit. Hal ini bisa terjadi karena saat diare, fungsi usus terganggu. Alhasil, cairan yang didapat dari asupan makanan dan minuman tidak dapat diserap oleh usus dengan baik.

Bila asupan cairan lebih sedikit dibandingkan cairan yang keluar saat diare, hal tersebut dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan volume cairan dalam tubuh. Ketika tubuh tidak dapat melakukan kompensasi terhadap hal ini, tekanan darah pun ikut turun drastis.

(dr. Andika Widyatama/Klik Dokter)

 

Diare

Penurunan ini mengganggu pasokan oksigen ke sel-sel tubuh sehingga kerja organ vital pun ikut terhambat. Bila kondisi tersebut tidak diatasi segera, pada akhirnya dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan elektrolit, kejang, gagal ginjal, penurunan kesadaran, bahkan kematian.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat Anda diare. Yang paling mudah adalah Anda harus banyak minum cairan. Orang yang sedang diare diharuskan minum setidaknya 1,7 liter cairan per 24 jam, atau kurang lebih setara dengan 7 gelas air berukuran 240 mL.

Menurut WHO, meminum air yang dicampur garam dan gula efektif dalam mengatasi lebih dari 90% kasus diare yang tidak parah. Larutan tersebut dapat diserap oleh usus untuk menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit.

Jangan anggap sepele bila Anda mengalami diare karena hal yang mengancam jiwa pun bisa terjadi begitu saja. Penuhilah kebutuhan tubuh Anda akan cairan saat diare. Tanpa pemasukan cairan yang memadai, organ-organ tubuh Anda tak akan berfungsi secara maksimal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Film Wajib Tonton di Desember 2017

Posted: 08 Dec 2017 09:00 PM PST

Bulan Desember identik dengan film-film dan liburan. Berikut ini adalah film yang tayang di bulan Desember 2017, dan patut ditonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalanan Kota Jogja Penuh Bercak Putih, Ternyata Ini Penyebabnya

Posted: 08 Dec 2017 09:00 PM PST

Banyak yang bertanya-tanya mengapa jalanan di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Mayor Suryotomo, Yogyakarta, muncul banyak bercak putih di aspal jalan. Usut punya usut bercak putih tersebut ternyata berasal dari kawanan burung Sriti yang sedang bermigrasi. 
 
Burung-burung itu sudah berada di sepanjang jalan Mayor Suryotomo semenjak muncul siklon cempaka. Mereka berada di atas pohon di tengah jalan Mayor Suryotomo dan di atas kabel listrik jalanan itu. Anehnya kawanan burung ini hanya bertengger di sepanjang jalan tersebut dan tidak di kawasan lain.
 
"Sebelum ganti musim itu ya, akhir November ini. Baru aja kok," ujar Hendra, seorang pedagang.
 
Menurutnya burung-burung itu berjumlah ribuan dan berada di jalanan. Biasanya burung burung itu akan berada diatas pohon dan kabel.
 
"Ya baru pertama kali di jalanan ini. Biasanya di Taman Budaya Yogyakarta baru pindah ke sini," ujar Hendra. 
 
 
Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.
Terkait hal ini, pengamat burung dari Yayasan Kutilang Indonesia Imam Taufiqqurahman kepada Liputan6.com mengatakan, burung yang berjumlah ribuan itu bukanlah burung Sriti. Namun burung layang layang Asia. Burung-burung ini dari Asia Timur dan Eropa. 
"Sriti itu dari Walet, dari famli Apodidae, layang-layang itu Hirundinidae. Itu layang-layang Asia," katanya.
 
Burung-burung itu migrasi dari tempat asalnya menuju ke Indonesia. Kawanan burung ini akan berhenti selama beberapa waktu dan kembali ke asal.
 
 "Banyak lokasi di Indonesia dengan jumlah layang-layang terbesar di sekitaran Progo itu hanya saat-sata seperti sekarang," katanya.
 
Imam mengatakan, burung-burung itu akan segera pergi di waktu menjelang pagi. Mereka akan mencari makan dan kembali lagi ke pohon-pohon di kota Jogja. 
 
"Subuh itu sudah bubar, nyebar. Progo tu lokasi roosting," katanya. (Yanuar H)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instagram Uji Coba Aplikasi Direct Mandiri

Posted: 08 Dec 2017 09:00 PM PST

Instagram saat ini sedang menguji coba aplikasi mandiri untuk pesan pribadi bernama Direct. Proses pengujian saat ini sedang dilakukan di enam negara yaitu Chili, Israel, Italia, Portugal, Turki dan Uruguay.

Dilansir The Verge, Sabtu (9/12/2017), aplikasi uji coba ini bisa diunduh di toko aplikasi Android dan iOS. Ketika pengguna mengunduh aplikasi mandiri Direct, maka fitur inbox yang ada di aplikasi Instagram akan hilang. Alhasil, pengguna hanya bisa mengakses semua pesan Instagram di aplikasi Direct.

Sejauh ini belum ada informasi apakah Direct akan dirilis ke seluruh dunia. Jika demikian, maka peluncurannya bisa membuat induk usahanya, Facebook, memiliki aplikasi pesan populer baru selain Messenger dan WhatsApp.

Alasan Instagram membuat Direct karena perusahaan merasa layanan pesan pribadi tersebut akan lebih dapat memberikan pengalaman terbaik ketika menjadi sebuah aplikasi mandiri.

Product Manager Instagram, Hemal Shah, mengatakan layanan Direct di dalam aplikasi Instagram terus mengalami pertumbuhan dalam empat tahun terakhir. Layanan tersebut dinilai akan lebih optimal termasuk sebagai ruang kreatif, jika menjadi sebuah aplikasi mandiri.

"Kami ingin Instagram menjadi sebuah tempat untuk semua momen kalian dan berbagi secara pribadi dengan teman-teman dekat adalah bagian penting dari itu semua," tuturnya.

Aplikasi Instagram Direct (Foto:The Verge)

Menurut laporan Tech Crunch, pengguna Direct bisa membuat dan berbagi konten Stories, serta memiliki akses ke berbagai filter eksklusif, Boomerang dan sejumlah tool kreatif Instagram lainnya. Daftar teman di Instagram akan secara otomatis ditambahkan ke dalam aplikasi Direct tersebut.

Ini bukan kali pertama Facebook memisahkan sebuah fitur pendukung dari aplikasi utama. Sebelumnya, perusahaan juga melakukan hal yang sama pada layanan Messenger di aplikasi Facebook.

Pada 2014, Facebook menutup akses layanan pesan pribadi di aplikasi utama, sehingga memaksa pengguna mengunduh aplikasi Messenger.

"Di mobile, setiap aplikasi hanya bisa fokus melakukan satu hal dengan baik. Meminta orang-orang memasang aplikasi lain memang menyakitkan dalam jangka pendek, tapi jika kami ingin fokus melayani, kami harus membuat sebuah pengalaman yang didedikasikan dan fokus," kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg, saat itu.

Kehadiran Direct pun berdasarkan pada pemikiran yang sama. Fitur yang awalnya tidak begitu populer di kalangan pengguna, tapi setelah beberapa perubahan desain, Direct memiliki 375 juta pengguna bulanan per April 2017.

Peningkatan penggunanya seiring dengan popularitas Stories, karena para pengguna yang ingin mengomentari konten di Stories harus melakukannya melalui fitur Direct di Instagram.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Vs Sevilla: Saling Jegal Demi Memburu Barcelona

Posted: 08 Dec 2017 08:59 PM PST

Real Madrid akan menghadapi Sevilla pada lanjutan pekan ke-15 La Liga Primera Division di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (9/12/2017). Kedua tim sedang bersaing di papan atas La Liga. Setidaknya, kedua tim ingin memburu kemenangan agar punya kans mendekat ke sang pemuncak klasemen sementara, Barcelona.

Real Madrid menduduki urutan keempat dengan raihan 28 poin. Sevilla pun memiliki poin sama, namun kalah selisih gol dari Los Merengues.

Tak ayal, kedua tim akan berusaha meraih kemenangan demi menjauh di klasemen sementara. Keuntungan besar berpihak kepada tuan rumah yang selalu menang dalam 12 laga terakhir kontra Sevilla di berbagai ajang yang berlangsung di Madrid.

Akan tetapi, Real Madrid mengalami krisis di barisan belakang. Dua bek utama, Sergio Ramos dan Raphael Varane, dipastikan absen karena kasus berbeda.

Sergio Ramos menjalani sanksi larangan bertanding, sementara Varane mengalami cedera. Praktis, duet lini belakang kemungkinan besar akan diisi Jesus Vallejo dan Nacho Fernandez.

"Jesus Vallejo akan bersama kami karena dia dalam kondisi baik. Namun, Varane tidak bisa bermain, meski cederanya tidak terlalu serius," kata pelatih Real Madrid Zinedine Zidane.

"Dukungan suporter akan sangat penting bagi kami. Saya berharap para suporter selalu mendukung kami. Kami butuh mereka pada laga nanti," lanjut Zidane.

Adapun sang lawan juga dalam kondisi bagus. Sevilla hanya tidak bisa memainkan Daniel Carrico dan Nicolas Pareja yang mengalami cedera.

Pelatih Eduardo Berizzo juga belum bisa menemani pasukannya karena masih harus menjalani pemulihan pascaoperasi kanker prostat. Sevilla masih akan ditemani asisten pelatih Ernesto Marcucci yang sukses membawa tim meraih tiga kemenangan dan satu kali imbang di berbagai ajang.

"Sebuah kesalahan bila fokus kepada absennya beberapa pemain lawan. Kami harus memikirkan cara bermain sendiri. Itu penting setelah melalui pekan berat ini," kata Marcucci.

"Tentu saja, ketidakhadiran Sergio Ramos dan Varane akan memengaruhi kondisi Real Madrid. Namun, siapapun yang akan menggantikan mereka pasti akan berusaha tampil maksimal," lanjutnya.

Demi memanfaatkan lubang di lini belakang Real Madrid, Sevilla akan bertumpu kepada trio penyerang, Pablo Sarabia, Wissam Ben Yedder, dan Nolito. Trio tersebut bisa saja menjadi mimpi buruk publik Santiago Bernabeu.

 

Perkiraan susunan pemain

Real Madrid: Keylor Navas; Achraf Hakimi, Jesus Vallejo, Nacho Fernandez, Marcelo; Luka Modric, Toni Kroos, Mateo Kovacic; Isco; Karim Benzema, Cristiano Ronaldo

Pelatih: Zinedine Zidane

Sevilla: Sergio Rico; Gabriel Mercado, Clement Lenglet, Simon Kjaer, Sergio Escudero; Ever Banega, Guido Pizarro, Franco Vazquez; Pablo Sarabia, Wissam Ben Yedder, Nolito

Pelatih: Ernesto Marcucci (asisten pelatih)

Head to head

  • 14/5/2017 - Real Madrid 4-1 Sevilla (La Liga)
  • 15/1/2017 - Sevilla 2-1 Real Madrid (La Liga)
  • 12/1/2017 - Sevilla 3-3 Real Madrid (Copa del Rey)
  • 4/1/2017 - Real Madrid 3-0 Sevilla (Copa del Rey)
  • 9/8/2016 - Real Madrid 3-2 Sevilla (Piala Super Eropa)

Lima pertandingan terakhir Real Madrid

  • 6/12/2017 - Real Madrid 3-2 Borussia Dortmund (Liga Champions)
  • 2/12/2017 - Athletic Bilbao 0-0 Real Madrid (La Liga)
  • 28/11/2017 - Real Madrid 2-2 Fuenlabrada (Copa del Rey)
  • 25/11/2017 - Real Madrid 3-2 Malaga (La Liga)
  • 21/11/2017 - APOEL Nicosia 0-6 Real Madrid (Liga Champions)

Lima pertandingan terakhir Sevilla

  • 6/12/2017 - NK Maribor 1-1 Sevilla (Liga Champions)
  • 2/12/2017 - Sevilla 2-0 Deportivo La Coruna (La Liga)
  • 29/11/2017 - Sevilla 4-0 Cartagena (Copa del Rey)
  • 26/11/2017 - Villarreal 2-3 Sevilla (La Liga)
  • 21/11/2017 - Sevilla 3-3 Liverpool (Liga Champions)

Prediksi Bola.com

Real Madrid 55-45 Sevilla

Sumber: Berbagai sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp Sebut Liverpool Hanya Kalah dari Manchester City

Posted: 08 Dec 2017 08:56 PM PST

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengemukakan pendapatnya soal performa The Reds di Premier League musim 2017-2018. Manajer asal Jerman itu merasa penampilan Mohamed Salah dan kawan-kawan hanya kalah dari Manchester City.

"Saat ini, Manchester City jelas memainkan sepak bola terbaik. Lalu, saya pikir kami tidak terlalu jauh dari mereka, mungkin yang terbaik kedua," ujar Klopp kepada Sky Sports.

"Namun, Manchester United memiliki poin lebih banyak. Mereka lebih sukses dan mereka memenangi fase grup (Liga Champions) lebih awal dari kami," ia menambahkan.

Liverpool saat ini menempati peringkat keempat klasemen sementara dengan mengoleksi 29 poin. The Reds berada di bawah Chelsea, Manchester United, dan pemuncak klasemen Manchester City.

Liverpool akan melakoni laga pekan ke-16 Premier League melawan rival satu kota Everton di Stadion Anfield, Sabtu (9/12/2017) malam WIB. Tuan rumah sedang dalam motivasi tinggi jelang laga ini karena baru saja menang 7-0 atas Spartak Moskow sekaligus mengamankan satu tempat ke babak 16 besar Liga Champions.

Sumber: Sky Sports

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Kadispen AU: Jangan Kaitkan Panglima TNI dengan Tahun Politik

Posted: 08 Dec 2017 08:55 PM PST

Mantan Kadispen TNI Angkatan Udara Dwi Badarmanto meminta semua elemen bangsa tidak mengaitkan Panglima TNI dengan tahun politik, apalagi jika dikaitkan dengan kepentingan-kepentingan yang di luar tugas pokok TNI.

"Janganlah setelah itu ditarik-tarik. Banyak yang diurus, yaitu profesionalitas," kata Dwi dalam diskusi "Panglima di Era Politik" di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2017).

Dwi berujar, sebaiknya publik mendukung penuh Panglima TNI yang baru untuk bisa menjaga netralitas TNI, serta bisa menyejahterakan prajuritnya.

"Sekarang ini Pak Hadi jadi pimpinan itu harus jadi perhatian khusus. Harus diperhatikan kesejahteraan (prajurit)," ujar dia.

Ia menambahkan, pergantian Panglima TNI oleh Presiden Jokowi pasti dilakukan secara profesional. Dwi menambahkan, hal ini jangan malah dikaitkan dengan politik praktis untuk kepentingan penguasa.

"Jangan TNI diajak politik. Masalah profesionalitas TNI, TNI pula pensiun berdasarkan umur," imbuh Dwi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku memiliki strategi khusus dalam menghadapi tahun politik. Dia berjanji TNI akan menjaga netralitas saat Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

"Kami bersama-sama dengan komponen lainnya, dengan Polri, akan menjaga seperti yang Jenderal Gatot (mantan Panglima TNI) sampaikan pada waktu di Akpol. Kita akan netral terhadap jalannya pemilihan," kata Hadi di Istana Negara Jakarta, Jumat, 8 Desember 2017. 

Selain itu, Hadi berjanji TNI akan solid mengawal tahun politik bersama Polri. Menurut dia, netralitas saat Pemilihan wajib dijaga oleh TNI.

"Kita juga akan melakukan kegiatan bersama-sama polisi. Kita solid dengan polisi untuk menjaga jalannya pesta demokrasi ini. Dengan begitu, netralitas akan kita jaga di atas segala-segalanya," ucap dia.

Sebelumnya, Jenderal Gatot Nurmantyo menilai Marsekal Hadi Tjahjanto adalah sosok yang tepat menggantikannya sebagai Panglima TNI, terutama dalam menghadapi tahun politik 2019.

Gatot meyakini Presiden Jokowi pasti punya banyak pertimbangan sebelum memilih Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

Gatot mengatakan, tantangan ke depan Hadi sebagai Panglima TNI adalah menghadapi pilkada, pilgub, dan pilpres yang memiliki tensi begitu tinggi.

Dia berharap Hadi Tjahjanto dapat mengantisipsi adanya pengerahan massa seperti yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta lalu.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Inter Milan Tepis Rumors Hengkang ke Real Madrid

Posted: 08 Dec 2017 08:55 PM PST

Striker Inter Milan, Mauro Icardi, kembali menepis isu transfer yang mengaitkan namanya. Pemain asal Argentina itu menegaskan isu tentang dirinya bersiap untuk menjalani tes medis bersama Real Madrid adalah omong kosong.

Sebuah acara sepak bola di Spanyol pada awal pekan ini menyebut Icardi telah mencapai kata sepakat dengan Real Madrid dan akan melakukan tes medis pada akhir Desember. Namun, kabar itu justru membuat Icardi merasa heran.

"Tes medis bersama Real Madrid? Omong kosong," tegas Mauro Icardi seperti dilansir Gazzetta dello Sport.

"Ini bukan waktunya untuk mengatakan hal-hal tertentu, ditambah lagi bukan saya yang membuat hal-hal tersebut berkembang. Namun, saya belum ke sana," tegasnya.

Tak ingin isu kepindahan jelang bursa transfer musim dingin semakin menggila, Icardi menegaskan komitmennya bersama Nerazzurri. Pemain yang saat ini berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak Serie A itu pun menyebut bahwa isu transfer sebaiknya ditujukan kepada pemain lain.

"Untuk menjernihkan ini semua, saya baik-baik saja di Milan, semua orang mengetahui hal itu. Saya menyukai kota ini, saya bermain dan mencetak banyak gol dan saya adalah seorang kapten dari klub hebat, mereka penting bagi saya," ujar pemain berusia 24 tahun itu.

"Pertanyaan mengenai bursa transfer seharusnya untuk pemain lain. Saya hanya tertarik dengan apa yang terjadi di dalam lapangan. Saya hanya harus berpikir untuk melakukan pekerjaan saya, yaitu mencetak gol dan membantu tim," ucap Mauro Icardi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Juventus Vs Inter Milan: Persaingan Posisi Puncak

Posted: 08 Dec 2017 08:54 PM PST

Juventus menjamu Inter Milan di Allianz Stadium, Minggu (10/12/2017) dini hari WIB. Laga bertajuk "Derby d'Italia" ini menjadi sangat penting bagi kedua tim. Juventus dan Inter Milan sama-sama ingin berada di puncak klasemen sementara Liga Italia Serie A 2017-2018.

Saat ini, Inter Milan berada di puncak klasemen Serie A dengan keunggulan unggul dua poin dari Juventus, yang berada di posisi ketiga. Artinya, siapa pun yang meraih kemenangan dalam pertandingan Derby d'Italia kali ini akan menempati posisi puncak klasemen.

Bagi pelatih Juventus, Masimilliano Allegri, laga kontra Inter Milan merupakan laga yang penting di mana para pemain harus bisa meningkatkan kondisi fisik. Menurutnya, setelah melewati adangan Inter, Juventus bisa lebih percaya diri menjalani sisa musim ini.

"Kami harus meningkatkan kondisi fisik sejumlah pemain. Namun, kini setelah pertandingan kontra Inter akan kami akan punya waktu tiga pekan untuk bekerja dan itu sebabnya saya percaya diri menjalani sisa musim ini," ujar Allegri.

Namun, pelatih berusia 50 tahun itu menegaskan laga kontra Inter Milan bukan laga yang akan menentukan siapa yang akan menjadi juara di akhir musim nanti. Menurutnya, masih terlalu banyak poin yang diperebutkan, di mana masih ada 22 laga yang akan dimainkan hingga akhir musim.

"Jika Anda berpikir pertandingan ini bisa menentukan, tidak. Liga masih akan tetap seimbang hingga akhir nanti. Tentu saja laga ini penting seperti ketika kami bermain menghadapi Napoli," tegasnya.

Pada sisi lain, pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti, merasa cukup yakin timnya siap menghadapi Juventus. Menurutnya, para pemain Nerazzurri punya motivasi yang tinggi untuk meraih kemenangan atas Juventus dalam pertandingan ini.

"Kami punya semua yang dibutuhkan untuk memperlihatkan kemampuan terbaik kami dalam Derby d'Italia. Para pemain saya memiliki gairah yang kuat untuk meraih sejumlah tujuan, dengan cara yang sama seperti penggemar kami," ujar Spalletti.

"Kami tahu betapa kuat mereka, tapi kami membangun keyakinan dalam beberapa bulan terakhir dan kami ingin memperlkihatkan semua itu di lapangan hijau. Pertandingan menghadapi Juventus ini tentu menjadi sebuah ujian yang memotivasi, tapi kami juga tetap harus tenang menghadapi mereka," kata dia.

Dalam pertandingan ini, Juventus akan kehilangan sejumlah pemain, termasuk Gianluigi Buffon yang tidak masuk dalam skuat Allegri untuk laga ini. Selain itu, Stephan Lichtsteiner dan Benedikt Howedes juga dalam kondisi yang tidak bisa dimainkan. Di lain pihak, Inter Milan yang bertandang dan ingin meraih tiga poin penuh serta melanjutkan tren positif mereka, datang dengan kondisi terbaik tanpa adanya pemain yang berhalangan untuk tampil dalam Derby d'Italia ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny (kiper); Alex Sandro, Giorgio Chiellini, Mehdi Benatia, Mattia de Sciglio (belakang); Miralem Pjanic, Sami Khedira, Claudio Marchisio (tengah); Mario Mandzukic, Gonzalo Higuain, Paulo Dybala (depan).

Pelatih: Massimiliano Allegri.

Inter Milan (4-2-3-1): Samir Handanovic (kiper); Danilo D'Ambrosio, Milan Skiniar, Joao Miranda, Davide Santon (belakang), Roberto Gagliardini, Matias Vecino, Antonio Candreva, Borja Valero, Ivan Perisic (tengah); Mauro Icardi.

Pelatih: Luciano Spalletti.

Head to head:

06/02/17 Juventus 1 - 0 Inter Milan (Serie A)

18/09/16 Inter Milan 2 - 1 Juventus (Serie A)

03/03/16 Inter Milan 3 - 0P Juventus (Coppa Italia)

29/02/16 Juventus 2 - 0 Inter Milan (Serie A

)28/01/16 Juventus 3 - 0 Inter Milan (Coppa Italia)

19/10/15 Inter Milan 0 - 0 Juventus (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Juventus:

19/11/17 Sampdoria 3 - 2 Juventus (Serie A)

23/11/17 Juventus 0 - 0 Barcelona (Liga Champions)

27/11/17 Juventus 3 - 0 Crotone (Serie A)

02/12/17 Napoli 0 - 1 Juventus (Serie A)

06/12/17 Olympiakos 0 - 2 Juventus (Liga Champions)

Lima pertandingan terakhir Inter Milan:

31/10/17 SEA Hellas Verona 1 - 2 Inter Milan (Serie A)

05/11/17 SEA Inter Milan 1 - 1 Torino (Serie A)

20/11/17 SEA Inter Milan 2 - 0 Atalanta (Serie A)

26/11/17 SEA Cagliari 1 - 3 Inter Milan (Serie A)

03/12/17 SEA Inter Milan 5 - 0 Chievo (Serie A)

Prediksi Bola.com:

Juventus 50-50 Inter Milan

Sumber: Berbagai sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: