Jumat, 01 Desember 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Berjam-jam di Luar Rumah, Bocah Ini Tewas karena Hipotermia

Posted: 01 Dec 2017 10:07 PM PST

Mimpi seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun yang ingin menjadi dokter, harus terkubur dalam-dalam. Pasalnya, bocah tersebut ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di depan rumahnya akibat hipotermia.

Hipotermia adalah suatu kondisi di mana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin.

Dilansir dari laman Daily Mail, Sabtu (2/12/2017), berita meninggalnya anak laki-laki yang diketahui bernama Hakeem Hussain tersebut bermula dari laporan yang diterima oleh tim medis.

Kala itu, pihak rumah sakit menerima panggilan darurat. Saat tiba di kediaman Hussain, nyawa bocah itu sudah tak dapat diselamatkan.

Menurut keterangan dokter, anak yang masih duduk di bangku sekolah itu diketahui berada di luar rumah dalam kurun waktu yang begitu lama dan mengalami hipotermia disertai serangan jantung.

Laura Heath, ibu dari bocah malang itu dibawa ke kantor polisi untuk diamankan. Wanita berusia 35 tahun itu ditahan atas dugaan lalai dalam mengurus anak.

Setelah diinterogasi, Heath dapat dipulangkan ke rumah. Meski demikian, polisi masih menyelidiki apakah wanita tersebut terlibat dalam tewasnya anak itu.

Sementara itu, bibi dari korban yaitu Aroosa Kausaar menyebut pihak keluarga sangat sedih karena kehilangan Hussain.

Ayah Hussain bahkan tak pernah menyangka jika anak laki-lakinya harus meninggal dunia akibat membeku di luar rumah.

Hingga kini polisi belum menentukan siapa yang bersalah atas kematian bocah tersebut. Pihaknya juga belum dapat berspekulasi akan hal itu.

Insiden hipotermia yang sempat menjadi pemberitaan juga pernah dialami oleh seorang pemuda bernama Nathan French. Remaja berusia 19 tahun itu patut berbangga hati. Pasalnya, ia mampu menaklukkan gunung Snowdon -- puncak tertinggi di Wales -- hanya mengenakan celana pendek dan bertelanjang dada.

Dikutip dari laman The Guardian, padahal, bagi siapa saja yang ingin mendaki puncak gunung Snowdon, disarankan untuk mengenakan pakaian tebal. Selain udaranya yang dingin, dengan berpakaian tebal tentu akan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Usai memantapkan langkah di puncak tertinggi, Nathan mulai merasa ada hal buruk yang menimpa dirinya.

Ternyata, pria itu mengalami hipotermia karena hanya mengenakan celana pendek.

Melihat kondisi yang semakin parah, beberapa orang yang ada di sekitar Nathan langsung memanggil ambulans.

Setiba di rumah sakit, tim medis mengatakan bahwa Nathan dalam kondisi yang tak sehat. Dokter menyebut, kandungan gula dan tekanan darah Nathan menurun dan mulai terserang hipotermia.

Ternyata, ada tujuan mulia di balik misi mendaki gunung tersebut. Alasan pria tersebut mendaki gunung hanya bermodal celana pendek saja guna mengumpulkan dana untuk pengobatan sang nenek yang menderita demensia.

Demensia adalah suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran.

Kondisi ini dapat ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu, keliru, adanya perubahan kepribadian, dan emosi yang naik-turun atau labil.

Miles Hill, salah satu anggota dari regu penyelamat puncak gunung Snowdon mengatakan, "Saya sangat bersimpati dengan maksud dan tujuan pria tersebut. Namun, ia menyayangkan hal nekat yang dilakukan Nathan dan tak memperhatikan keselamatannya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Depan Jokowi, Ketum PGRI Minta Tunjangan Profesi Tepat Waktu

Posted: 01 Dec 2017 10:05 PM PST

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasyidi mengapresiasi Presiden Jokowi yang selalu menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan guru melalui tunjangan profesi.

"Kami mohon agar apa yang disampaikan Pak Presiden menjadi kenyataan," ujar Unifah dalam acara peringatan HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasional 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi Jawa Barat (2/12/2017).

Unifah juga meminta agar dalam praktiknya administrasi tata kelola guru dapat disederhanakan dalam kenaikan tunjangan profesi, kenaikan pangkat, sertifikasi dan lain-lain.

Dengan disederhanakannya administrasi tata kelola guru, kata dia, para guru dapat memiliki waktu yang cukup untuk melakukan proses pembelajaran secara berkualitas.

"Kami harap tunjangan profesi tepat waktu dan tepat jumlah," tutur Unifah.

Tak hanya itu, Unifah juga mengapresiasi langkah pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla yang gencar membangun infrastruktur untuk penunjang belajar-mengajar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di wilayah terpencil.

"Guru-guru di daerah 3 T, terdepan, terluar, dan tertinggal, kiranya diberikan prioritas Bapak Presiden," ucap dia.

Pada kesempatan ini, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Sebanyak 38 ribu guru se-Indonesia diundang dalam acara peringatan HUT ke-72 Persatuan Guru Republik Indonesua (PGRI) 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/11/2017).

"Ada 38 ribu guru yang hadir di sini, ada yang belum bisa masuk ke sini. Kawan-kawan dari Bali membatalkan ke sini akibat tertunda (penerbangan). Semuanya antusias bertemu Bapak Presiden," ujar Ketua Umum PGRI, Unifah Rasyidi, di lokasi.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Stadion Patriot Bekasi pukul 08.30 WIB. Seperti para guru yang hadir, Jokowi turut mengenakan seragam PGRI yang didominasi warna putih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tengok Aksi Jokowi dan Para Menteri Jajal Lapangan Hoki di GBK

Posted: 01 Dec 2017 10:00 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat fasilitas di kawasan olahraga Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Sabtu (2/12/2017). Adapun empat fasilitas tersebut yakni stadion kolam renang, lapangan hoki, arena panahan, dan lapangan bola ABC.

Peresmian ini dilakukan di lapangan hoki GBK sekitar pukul 11.30 WIB. Jokowi mengenakan jaket merah dan ditemani beberapa menteri yakni, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

"Saya ingin cepat saja, saya dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim meresmikan lapangan hoki, lapangan panahan, lapangan ABC di Kawasan Gelora Bung Karno siang hari ini saya nyatakan diresmikan," kata dia saat meresmikan di GBK Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Setelah itu, Jokowi langsung menjajal lapangan hoki dengan memukulkan tongkat ke bola. Jokowi dengan mantap memukul bola tersebut. Bukan hanya Jokowi. Sebelumnya menteri-menteri Jokowi juga menjajal lapangan tersebut. Mereka, asik memainkan bola tersebut.

Basuki mengatakan, semua fasilitas di GBK mesti rampung pada akhir tahun ini. "Sudah selesai semua, tapi Januari kita resmikan lagi Pak Presiden. Karena Presiden maunya peresmiannya bertahap," ujar dia.

Di kawasan GBK ada 13 sarana olahraga yang akan diresmikan‎, dengan total anggaran sebesar Rp 6,2 triliun. Sedangkan empat sarana olahraga yang diresmikan hari ini menelan anggaran Rp 370 miliar.

‎"Untuk sembilan venues lainnya diresmikan 9 Desember 2017 untuk test event Februari 2018. Untuk 13 venues membutuhkan anggaran Rp 6,2 triliun, sedangkan untuk empat venues yang diresmikan hari ini membutuhkan anggaran Rp 370 miliar," tutup Basuki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku senang melihat hasil sementara pembangunan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Adapun proyek ini ditargetkan kelar pada akhir Desember 2017.

Pembangunan dan renovasi GBK dilakukan untuk menyambut pesta olahraga Asian Games 2018. Perkembangan kontruksi proyek ini telah mencapai di atas 90 persen.

Sri Mulyani mengatakan, setiap bangunan memiliki daya tarik tersendiri. "Semua memuaskan, kan memilki daya tarik sendiri-sendiri. Kalau GBK yang besar itu, kalau kita bayangkan dari sepak bola, nanti untuk acara pembukaan penutupan, dan jumlahnya besar, rumputnya luar biasa," tutur dia.

Terkait Stadion Renang Aquatic, Sri Mulyani memuji karena pembangunannya memadukan unsur warisan budaya. Sehingga, menghadirkan nuansa yang berbeda.

"Yang Aquatic tadi lagi-lagi kombinasi heritage building yang kemudian di-extend untuk polo, synchronize swimming yang menggambarkan suasana yang luar biasa berbeda. Semi open, tertutup atasnya, tapi udaranya merupakan udara yang natural," jelas dia.

Pembangunan GBK Senayanmenggunakan anggaran negara. Sebab itu, Sri Mulyani meminta supaya masyarakat turut serta untuk merawat GBK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasi Plastik agar Hidung Mirip Meghan Markle Kian Diminati

Posted: 01 Dec 2017 10:00 PM PST

Masih hangat kabar pertunangan Meghan Markle dengan Pangeran Harry. Terayata, banyak warganet yang terpukau dengan kecantikan Meghan.

Hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya permintaan operasi plastik agar mirip Meghan Markle, kata Ahli bedah plastik bersertifikat Dr Stephen Greenberg.

"Ada peningkatan yang dramatis soal wanita yang ingin hidungnya mirip Meghan Markle," katanya, seperti dikutip Metro, Sabtu (2/12/2017).

Menurut Stephen, tren ini sebenarnya telah terjadi sejak enam bulan lalu--sejak hubungan dia dan pangeran Harry mendapat banyak perhatian.

"Pasien mulai berdatangan pada saya. Rupanya wajah Meghan telah menurunkan nama Kardashians sebagai permintaan paling banyak," ujarnya.

Stephen berpendapat, meghan memiliki karakter wajah yang unik. Bila diperhatikan, tulang hidung Meghan bergitu lurus dan pas di wajahnya. Hal ini membuat aktris ini semakin terlihat cantik.

Kendati demikian, kata dia, setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing sehingga seseorang tidak bisa disamakan dengan Meghan dalam hal apa pun.

"Bagaimana pun, kita akan melihat perubahan tren ini ke depannya. Saya rasa ini menarik, sebab Meghan memiliki wajah rupawan, bibir tipis serta dagu yang menawan," pungkasnya.

 

Simak video berikut ini:

Tak hanya memiliki wajah yang cantik dan tubuh yang semampai, wanita berusia 36 tahun ini juga memiliki penampilan yang tampak stylish. Sebagai seorang aktris, model dan juga aktivis kemanusiaan, Meghan Markle memiliki tubuh ramping.

Rahasianya?

Mengutip laman Express, tubuh indah wanita berdarah campuran ini rupanya didapat dari meniru kebiasaan ibunya, Doria Radlan, 60, yang adalah seorang terapis dan pelatih yoga.

Yoga adalah bentuk latihan yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Meghan Markle suka melakukan yoga beberapa kali dalam seminggu.

Ia melakukannya di ruang gelap dengan lilin. Sesi yoga pun sambil ditemani alunan musik hip hop.

"Ibuku adalah seorang instruktur yoga. Jadi, yoga itu ada dalam darahku. Saya menyukai kelas yoga berjenis vinyasa yang intens. Gerakan yoga vinyasa ternyata lebih baik lagi dilakukan jika ditemani musik hip-hop dan dilakukan di ruangan gelap dengan lilin," katanya.

Selain yoga, Meghan biasanya juga makan sup atau pasta. Untuk pola makan, ia memastikan hanya mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Dicium Orang Asing, Jari Kaki Bayi Ini Melepuh

Posted: 01 Dec 2017 10:00 PM PST

Bayi memang selalu menarik perhatian banyak orang. Muka yang imut serta tingkahnya yang lucu tentu membuat orang yang melihatnya gemas untuk mencium atau menggendongnya. Namun ternyata, hal itu dapat berujung fatal.

Christa Leader Valdez kaget ketika hal aneh terjadi pada jari kaki bayinya, Ostiano. Kondisi tersebut bermula ketika jempol kaki bagian kirinya bewarna kemerahan. Tak lama jari itu membengkak dan membuat kulit jarinya melepuh.

 

Melansir Viral4Real, Sabtu (2/12/2017), kondisi tersebut tentu membuat Christa khawatir. Ia segera membawa bayinya ke rumah sakit terdekat. Sayangnya, dari banyak dokter yang ditemuinya menolak dan menegaskan bahwa mereka tak bisa menangani penyakit yang dialami bayinya.

 

"Salah satu dokter mendiagnosa bahwa adanya Herptic Whitlow atau herpes tipe 1," tulis Christa dalam akun Facebook-nya. Tentu hal ini membuat dia bingung kenapa bayi kecilnya mengalami penyakit itu di bagian ibu jari kaki.

Menurut dokter, virus itu biasa terjadi pada tangan dan mulut. Namun dalam kasus Ostiano, tidak ditemukan pada bagian kedua tubuh tersebut. 

Dokter menduga bahwa ada seseorang yang terkena virus herpes lalu mencium bayi mungil itu dengan mulut. Bisa jadi, orang yang menyebarkan virus itu menyentuh mulutnya terlebih dahulu. Lalu menyentuh kaki Ostiano.

Kondisi bayinya yang makin buruk membuat Christa khawatir bahwa virus itu akan membuat jempol kaki bayinya diamputasi.

 

jari kakinya mulai membaik. Source: Facebook /Pregnancy Corner

Untungnya Christia berhasil menemukan dokter yang mau menangani masalah bayinya itu. Dengan perlahan bayinya mulai menunjukkan kondisi yang semakin baik hingga bisa kembali ceria tanpa harus merasakan sakit.

Kondisi tubuh bayi sangat rentan terhadap bakteri dan virus. Virus herpes yang terkena oleh bayi Christa mudah disembuhkan untuk orang dewasa. Namun, jika terkena oleh bayi hal ini bisa berakibat fatal dan menyakitkan. Bahkan, dampaknya bisa menyebabkan kerusakan pada organ liver dan otak.

Kasus Christia merupakan pelajaran bagi para orangtua baru agar selalu megawasi bayi dan anak mereka. Diperlukan pengawasaan penuh apalagi ketika bayi dicium oleh orang lain yang terjangkit penyakit.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

City Puncaki Klasemen, Manajer Arsenal: Mereka Banyak Hoki

Posted: 01 Dec 2017 10:00 PM PST

Manajer Arsenal, Arsene Wenger membuat pernyataan yang membuat Manchester City panas. Ia menyebut keunggulan City di puncak klasemen tidak lepas dari hadirnya dewi fortuna.

City saat ini memang tak tergoyahkan di puncak klasemen. The Citizens mengoleksi 40 poin dari 14 laga.

Hebatnya, City juga belum terkalahkan hingga sekarang. Pada laga terakhir, City menang 2-1 atas Southampton lewat gol Raheem Sterling pada injury time.

"Saya pikir City mendapat beberapa hoki tahun ini. Mereka selalu mencetak gol pada menit terakhir," kata Wenger seperti dilansir Evening Standard.

"Tetapi saya tidak mau memikirkannya. Kami hanya harus fokus dengan hasil sendiri, bukan City," kata Wenger menambahkan.

 

Dinihari WIB nanti, The Gunners akan menantang MU. Keduanya berharap bisa meraih kemenangan demi memperkecil selisih poin dengan City.

Salah satu keuntungan Arsenal dalam duel nanti adalah bermain di kandang sendiri. Pasalnya, mereka selalu menang 12 kali secara beruntun di Emirates Stadium.

"Saya pikir pertahanan kami lebih stabil, itu kuncinya. Soal dukungan penonton, saya pikir itu otomatis jika kami bermain bagus. Tetapi saat kami main buruk, mereka juga pasti mengkritik," ucap Wenger.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Ditunda Berjam-jam, Ini yang Dilakukan Raisa di Bandara

Posted: 01 Dec 2017 10:00 PM PST

Sebagai penyanyi papan atas, Raisa tidak hanya laris manis di layar kaca. Seperti Jumat (1/12/2017), Raisa diundang manggung di salah satu acara di Semarang, Jawa Tengah.

Sayangnya, perjalanan Raisa menuju Semarang kemarin harus mengalami kendala. Pesawat yang akan membawa Raisa ke Semarang tertunda selama beberapa jam dari waktu yang telah ditentukan.

 

Raisa mengaku telah berada di bandara sejak pukul 12 siang namun jadwal penerbangan ditunda berkali-kali. Sebelumnya, pelantun "Serba Salah" itu baru saja kembali dari Hong Kong.

"Guys, jadi gini ceritanya. Aku sudah di Jakarta dari jam 12, tadi terbang dari Hong Kong. Terus pesawatnya delay, delay, delay, delay terus," cerita Raisa melalui Instagram Stories-nya. Saat itu waktu menunjukkan pukul 18.45 WIB.

Alhasil, demi menghemat waktu Raisa dan tim memutuskan untuk makeup di bandara. "Dandan di airport (bandara) maksudnya jaga-jaga sampai sana enggak sempat ke hotel lagi, enggak sempat apa-apa. Kita langsung dari bandara ke panggung," sambungnya.

 

Parahnya lagi, pesawat yang hendak mengantar Raisa tak kunjung tersedia. Istri Hamish Daud itu sudah berusaha mencari pesawat pengganti, namun hasilnya nihil.

"Kalian tahu aku mencintai kalian. Kita sudah berusaha gonta-ganti pesawat. Tapi semua ada yang cancel, semua delayed. Tapi aku masih mencoba dan berusaha untuk menjumpai kalian. So, doain ya," paparnya.

Beruntung, setelah hampir delapan jam di bandara, Raisa akhirnya mendapat pesawat lain untuk terbang ke semarang. Meski sudah sampai di lokasi, masalah lain muncul.

Raisa di Showcase Anganku Anganmu. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Koper Raisa masih terhambat di bagasi. Alhasil, Raisa manggung dengan kostum seadanya. Meski begitu, antusiasme penonton membuat penyanyi 27 tahun itu ikut bersemangat.

"Bagasi nyangkut dari HK, jd manggungnya pake baju bandara, untungnya ada sepatu ganti walaupun ga matching. Energi penontonnya luarrrrrr biasa segala capeknya lgsg hilang. Thank you Semarang, I promise I'll be back soon (aku janji aku akan kembali lagi)," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Anna Sui Fantasia, Parfum Manis Pembangkit Fantasi Dunia Magis

Posted: 01 Dec 2017 10:00 PM PST

Parfum terbaru dari Anna Sui membangkitkan fantasi dunia magis, Fantasia. Aroma manis dan lembut perpadu sempurna dalam kemasan yang unik. (Liputan6.com/Unoviana Kartika)

Parfum terbaru dari Anna Sui membangkitkan fantasi dunia magis, Fantasia. Aroma manis dan lembut perpadu sempurna dalam kemasan yang unik. (Liputan6.com/Unoviana Kartika)

Untuk mendukung fantasi magis dari Anna Sui Fantasia, dekorasi pun dibuat begitu cantik. (Liputan6.com/Unoviana Kartika)

Untuk mendukung fantasi magis dari Anna Sui Fantasia, dekorasi pun dibuat begitu cantik. (Liputan6.com/Unoviana Kartika)

Kombinasi aroma bunga dan raspberry ditambah golden cypress dan Himalayan cedar wood memberikan kesan wewangian yang romantis dan manis. (Liputan6.com/Unoviana Kartika)

Kombinasi aroma bunga dan raspberry ditambah golden cypress dan Himalayan cedar wood memberikan kesan wewangian yang romantis dan manis. (Liputan6.com/Unoviana Kartika)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Derita Sindrom Langka, Bocah Ini Sulit Bernapas

Posted: 01 Dec 2017 10:00 PM PST

Seorang bocah perempuan menderita sindrom langka yang mengakibatkan dirinya sulit bernapas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawasan Puncak-Cianjur Terus Dipadati Kendaraan

Posted: 01 Dec 2017 09:54 PM PST

Kawasan Puncak, Jawa Barat, masih menjadi tujuan masyarakt untuk mengisi libur panjang akhir pekan.

Arus lalu lintas menuju kawasan Puncak didominasi kendaraan dari arah Jakarta yang akan menghabiskan masa liburan Maulid Nabi Muhammad SAW, bertepatan dengan libur akhir pekan di Puncak dan sekitarnya.

Pada Sabtu (2/12/2017) pagi, antrean panjang kendaraan baik minibus maupun bus pariwisata terpantau mulai dari KM 45 atau rest area Ciawi hingga tanjakan Selarong, Megamendung.

Kepadatan kendaraan juga terjadi dari arah Ciawi. Ribuan kendaraan, baik roda dua dan empat terus memadati kawasan Puncak.

Guna menghindari kemacetan parah akibat penumpukan kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Puncak, sejak pukul 07.00 WIB, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor memberlakukan one way (sistem satu arah) dengan memprioritaskan kendaraan dari Jakarta ke Puncak dan Cianjur.

"One way ke arah Puncak akan diberlakukan hingga pukul 11.00 WIB baru kemudian dinormalkan menjadi dua arah lagi," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama.

Hasby menjelaskan, kawasan Puncak sejak pukul 05.30 WIB terus dipadati para wisatawan yang hendak berlibur ke sejumlah objek wisata di Puncak Kabupaten Bogor maupun Cianjur.

 

Meski demikian, lanjut Hasby, arus kendaraan yang mengarah Puncak pada hari ini tak sebanyak sehari sebelumnya.

"Kendaraan yang melintas ke arah Puncak lebih padat pada hari kemarin. Kepadatan kendaraan mulai sebelum pintu tol Ciawi sampai Simpang Cilember Megamendung," terang Hasby.

Berdasarkan catatan Jasa Marga, terhitung jumlah kendaraan yang menuju Puncak mencapai 72.000 unit.

"Saking padatnya, durasi pemberlakuan sistem satu arah juga cukup lama," ujar Hasby.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games: Presiden Joko Widodo Resmikan 4 Venue di GBK

Posted: 01 Dec 2017 09:50 PM PST

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan empat venue untuk Asian Games 2018 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (2/12/2017). Pemerintah menghabiskan triliunan rupiah untuk merehabilitasi seluruh venue tersebut.

Keempat venue untuk Asian Games yang telah rampung di kawasan GBK, Jakarta, yakni Lapangan ABC, Hoki, Panahan, dan Akuatik. "Lapangan Hoki, Panahan, ABC di kawasan GBK, siang ini saya nyatakan diresmikan," kata Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mengatakan keempat venue itu sudah bisa digunakan untuk test event Asian Games 2018. Dia juga telah melaporkan anggaran untuk renovasi kawasan GBK kepada Joko Widodo.

"Ada 13 venue yang direhabilitasi untuk Asian Games. Dari 13 venue, empat sudah selesai dan diresmikan Bapak Presiden, sembilan venue sisanya dalam tahap penyelesaian dan akan selesai akhir Desember," paparnya.

"Untuk keseluruhan rehabilitasi venue di GBK dan Palembang menelan anggaran Rp 6,2 triliun," tambah Basoeki dalam laporannya kepada Presiden Joko Widodo.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana meminta jajaran Bakohumas se-Indonesia agar menyampaikan ke publik persiapan Asian Games di Jakarta dan Palembang serta mengenai target Indonesia masuk jajaran 10 besar dalam perolehan medali Asian Games 2017.

Tampilan kolam renang Gelora Bung Karno pasca dilakukan renovasi, Jakarta, Jumat (10/11). Renovasi fisik Stadion Aquatik Gelora Bung Karno dinyatakan selesai dan siap digunakan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Pesan Pak Menteri (Menpora), seluruh rakyat Indonesia harus tahu Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018, bukan hanya Palembang dan Jakarta. Kalau kita bicara tempat (pelaksanaan), ya Jakarta-Palembang, tapi tuan rumahnya ya Indonesia," kata Mulyana.

"Prestasi itu wajib, sebagai host (Indonesia) punya dampak menguntungkan, seluruh masyarakat bisa mendukung atlet kita," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Vs Newcastle United: Kejar 7 Kemenangan Beruntun

Posted: 01 Dec 2017 09:43 PM PST

Chelsea berpeluang besar mengamankan hasil positif saat menjamu Newcastle United pada pekan ke-15 Premier League 2017-2018 di Stamford Bridge, London, Sabtu (2/12/2017).

The Blues dalam momentum bagus menyambut pertandingan melawan Newcastle. Tim asuhan Antonio Conte selalu meraih kemenangan dalam enam laga terakhir di Premier League.

Selain itu, Chelsea juga memiliki catatan bagus setiap menjamu Newcastle dengan mencatat empat kemenangan beruntun. Pada pertemuan terakhir tahun 2016, Chelsea menang dengan skor telak 5-1 atas The Magpies.

Conte meyakini anak asuhnya masih bisa mengejar perolehan poin Manchester City yang memuncaki klasemen sementara Premier League. Chelsea saat ini menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi 29 poin atau tertinggal 11 poin dari pasukan Pep Guardiola.

"Saya pikir penting untuk percaya kalau kami bisa mengejar mereka. Dalam setiap pertandingan kami harus memiliki keinginan dan kemauan yang tepat, namun pada saat yang sama ini merupakan momen yang sangat sulit dikarenakan beberapa alasan," ujar Conte.

"Manchester City mendapatkan hasil bagus jelang akhir pertandingan dalam banyak kesempatan. Hal itu menunjukkan kemauan kuat dari mereka untuk terus menekan demi memenangi pertandingan," ia melanjutkan.

Dalam laga nanti, pelatih asal Italia juga memastikan akan kembali melakukan rotasi pemain seperti yang dilakukannya saat mengalahkan Swansea City 1-0, pertengahan pekan lalu. Pada laga kontra Swansea, Conte mengistirahatkan Cesar Azpilicueta dan baru memainkan Eden Hazard jelang akhir pertandingan.

"Dalam periode seperti ini sangat penting merotasi pemain dan memberikan waktu istirahat kepada semua pemain. Suatu hal yang normal Anda melakukan rotasi jika bermain dalam empat kompetisi yang berbeda," kata Conte.

Sementara itu, pelatih Newcastle Rafa Benitez berharap performa lini belakang timnya membaik saat dijamu Chelsea. Sektor belakang The Magpies memang bermasalah karena sudah kebobolan 19 gol dalam 14 pertandingan pada musim ini.

Bahkan, dalam tiga pertandingan terakhir gawang tim yang menempati posisi ke-12 klasemen sementara sudah kebobolan sembilan gol. "Anda bisa melihat, di awal, kami bertahan sebagai sebuah unit dan pengertian antarpemain cukup baik. Tidak mudah bagi tim manapun membuat peluang melawan kami," ucap Benitez.

Juru racik formasi asal Spanyol ini pun berharap bisa mendapatkan hasil positif pada momen pertamanya kembali ke kandang tim yang pernah ia latih. Benitez pernah menukangi The Blues musim 2012-2013.

"Semoga atmosfernya akan luar biasa, pertandingan berjalan bagus, dan kami mendapatkan tiga poin," tukas Benitez soal pertandingan melawan Chelsea.

Prakiraan susunan pemain

Chelsea (3-4-3): Thibaut Courtois; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Gary Cahill; Victor Moses, Cesc Fabregas, N'Golo Kante, Marcos Alonso; Willian, Alvaro Morata, Eden Hazard

Manajer: Antonio Conte (Italia)

Newcastle United (4-2-3-1): Karl Darlow; DeAndre Yedlin, Florian Lejeune, Ciaran Clark, Chancel Mbemba; Isaac Hayden, Mikel Merino; Matt Richie, Ayoze Perez, Rolando Aarons; Joselu

Manajer: Rafa Benitez (Spanyol)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

14/2/2016 Chelsea 5-1 Newcastle United (Premier League)

26/9/2015 Newcastle United 2-2 Chelsea (Premier League)

10/1/2015 Chelsea 2-0 Newcastle United (Premier League)

6/12/2014 Newcastle United 2-1 Chelsea (Premier League)

8/2/2014 Chelsea 3-0 Newcastle United (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Chelsea

30/11/2017 Chelsea 1-0 Swansea City (Premier League)

26/11/2017 Liverpool 1-1 Chelsea (Premier League)

23/11/2017 Qarabag 0-4 Chelsea (Liga Champions)

18/11/2017 West Brom 0-4 Chelsea (Premier League)

5/11/2017) Chelsea 1-0 Manchester United (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Newcastle United

29/11/2017 West Brom 2-2 Newcastle United (Premier League)

25/11/2017 Newcastle United 0-3 Watford (Premier League)

19/11/2017 Manchester United 1-4 Newcastle United (Premier League)

04/11/2017 Newcastle United 0-1 Bornemouth (Premier League)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melki: Setya Novanto Berencana Mundur dari Golkar dan DPR

Posted: 01 Dec 2017 09:43 PM PST

Setya Novanto dikabarkan tengah mempersiapkan pengunduran dirinya dari dua jabatan yang kini dia emban. Yaitu, sebagai ketua Umum Partai Golkar dan Ketua DPR.

"Sebenarnya sejak sebelum ditahan oleh KPK itu Pak Novanto sudah mempersiapkan opsi mundur," ujar Ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT Melki Laka Lena di Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Sementara saat ini, kata Melki, Setya Novanto tengah mencermati dinamika politik yang terjadi. Kemudian, kata dia, tengah mendengarkan aspirasi dari kader Partai Golkar, anggota DPR dan masukan dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

"Kemarin kami mendapatkan informasi yang valid bahwa Pak Setya Novanto sedang mempersiapkan diri untuk mundur, baik sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar maupun sebagai Ketua DPR RI," papar Melki.

 

Namun, Melki belum mengetahui kapan pastinya Setya Novanto akan mundur dari 2 jabatannya itu.

"Sedang dibahas dengan kalangan terdekat mencari waktu yang tepat untuk menyampaikan ini semua. Kita tunggu, semoga minggu-minggu depan sudah ada kepastian soal ini," ujar dia.

Meski begitu, Melki tak mau mengatakan sumber informasi yang dia dapatkan soal rencana mundurnya Setya Novanto.

"Saya tidak bisa menyampaikan. Yang pasti orang dekat yang bertemu beliau yang menyampaikan, Pak Novanto sedang mempersiapkan pengunduran diri sekitar minggu-minggu depan," tutur Melki.

Saksikan video di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbang dengan Ini, Ruben Onsu Alami Penundaan Hingga 6 Jam

Posted: 01 Dec 2017 09:40 PM PST

Meletusnya Gunung Agung di Bali sepertinya membawa dampak pada penerbangan di beberapa daerah salah satunya Surabaya. Itu dirasakan Ruben Onsu pada Sabtu (2/12/2017).

Ruben Onsu akan melakukan perjalanan ke Surabaya, Jawa Timur. Dirinya pun sudah menunggu di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Namun hingga waktunya terbang, pesawatnya pun belum ada.

Ruben Onsu alami delay penerbangan 6 jam (Foto: Instagram)

Sehingga, Ruben Onsu pun terpaksa menunggu. Selama enam jam, bapak satu anak ini mengalami penundaan penerbangan.

Tepat pukul 01.30 WIB dini hari, akhirnya Ruben Onsu dan penumpang lainnya berhasil terbang. Meski mengalami penundaan cukup lama, ia tetap bersyukur.

"Surabaya dan waktu menunjukan pukul 01.30 wib setelah delay 6 jam, tp masih bersyukur bisa terbang jg krn banyak penerbangan yg di batalkan untuk hari ini," tulisnya di akun Instagram, Sabtu (2/12/2017).

 

 

Ternyata, bukan hanya Ruben Onsu saja yang mengalami penundaan penerbangan dengan maskapai bagus. Inul Daratista pun merasakannya.

Inul Daratista juga alami penundaan penerbangan selama 4 jam (Foto: Instagram)

Selama empat jam, Inul Daratista pun harus menunggu. Mengenakan jaket hitam, celana panjang abu-abu, Inul duduk di lounge maskapai tersebut.

"Gaya sik Surabaya,Bismillah...delaynya ngalahin maskapai yg lain delay sampai 4jam ya Allah piye iniYa sdhlah ikhlas sj ALLAH pasti punya rencana yg baik," tulis Inul Daratista sebagai keterangan foto.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pogba Pernah Kagumi Kehebatan Arsenal

Posted: 01 Dec 2017 09:40 PM PST

Paul Pogba mengeluarkan pernyataan menarik jelang duel Arsenal Vs MU dinihari WIB nanti. Pemain asal Prancis itu ternyata mengagumi The Gunners saat kecil.

Arsenal memang sempat menjadi raja di Inggris pada era 2000-an awal. Bahkan pada musim 2003/04 mereka menjadi juara tanpa terkalahkan.

Menariknya, mayoritas pemain Arsenal saat itu berasal dari Prancis. Hal ini tak heran karena manajer The Gunners adalah Arsene Wenger yang juga berasal dari Prancis.

"Saya pengagum berat Arsenal. Di Prancis mereka adalah klub yang populer," ujar Pogba seperti dilansir Mirror.

"Saya sering menyaksikan mereka bertanding. Apalagi mereka banyak pemain Prancisnya. Arsenal selalu menjadi klub besar," ujar Pogba menambahkan.

Sayangnya, Pogba tak pernah memperkuat Arsenal. Ia justru bergabung ke Akademi MU saat remaja.

Sempat dilepas ke Juventus, Pogba akhirnya kembali ke Old Trafford dengan status pemain termahal. Perannya pun tak tergantikan di lini tengah Setan Merah.

"Sesi latihan paling membosankan bersama Jose Mourinho adalah saat urusan taktik. Saya pikir semua orang juga tidak suka dengan sesi itu," ucap Pogba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setop di Top 25 Miss Supranational, Karina Nadila Jadi Favorit

Posted: 01 Dec 2017 09:37 PM PST

Perwakilan Indonesia untuk ajang Miss Supranatural 2017, Karina Nadila harus terenti pada top 25 ajang kecantikan yang berlangsung di Polandia pada Jumat (1/12/2017). Karina Nadila menjadi harapan masyarakat membawa pulang crown Miss Supranatural 2017.

Namun sayangnya harapan ini harus terhenti karena Karina Nadila gagal melangkah ke top 10 pada malam final Miss Supranatural 2017. Meski begitu wanita 25 tahun ini berhasil menjadi Miss Favorite pilihan penonton.

Sebelumnya Indonesia berhasil meraih prestasi melaju hingga top 7 saat diwakili Intan Aletrino pada kompetisi Miss Supranatural 2016. Karina Nadila behasil masuk top 25 setelah dari 64 finalis yang ada.

Berikut 10 besar yang lolos Miss Supranatural 2017.

1. Miss Colombia

2. Miss Ethiopia

3. Miss Korea

4. Miss Poland

5. Miss Romania

6. Miss Philippines

7. Miss Puetro Rico

8. Miss Thailand

9. Miss Portugal

10. Miss Costa Rica

 

Sementara itu, Miss Korea Jenny Kim berhasil menjadi Miss Supranatural 2017. Ia terlihat menangis haru saat crown dipasangakan oleh Miss Supratural 2016, Srinidhi Ramesh Shetty dari India.Runner Up 1 jatuh kepada Miss Columbia Martha Martinez.

Kemudian disusul oleh Miss Romania Bianca Tirsin sebagai Runner Up 2, Miss Ethiopia Bitaniya Josef sebagai Runner Up 3, dan Miss Puerto Rico Larissa Santiago sebagai Runner Up 4.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reuni 212 di Monas, Arus Lalu LIntas Dialihkan

Posted: 01 Dec 2017 09:36 PM PST

Aksi long march di silang Monas 212 kembali digelar pada Sabtu (2/12/2017). Kegiatan doa bersama yang bertajuk reuni 212 itu mengambil momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Arus lalu lintas di sekitar Monas terpaksa dialihkan.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (2/12/2017), setahun berlalu, aksi doa bersama 212 kembali digelar di tanggal yang sama yakni 2 Desember. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam doa bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Anies dan ribuan umat Islam larut dalam zikir dan salawat yang dilantunkan penyanyi religi Opick.

Guna mengantisipasi ketersendatan lalu lintas, petugas terpaksa merekayasa sejumlah arus kendaraan yang melintas di sekitar Monas.

Kendaraan yang hendak melaju dari Hayam Wuruk menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan melalui Jalan Juanda melintasi Pasar Baru dan Lapangan Banteng.

Kawat berduri dipasang petugas, mulai dari perempatan Harmoni, agar tidak dilalui kendaraan maupun pejalan kaki.

Sementara untuk kendaraan dari arah Bunderan HI dialihkan melalui Jalan Budi Kemulian menuju Jalan Abdul Muis mengarah ke Jalan Majapahit. Lalu bagi kendaraan arah Tugu Adipura Masjid Istiqlal menuju Jalan Merdeka Barat diluruskan ke Harmoni.

Tak hanya aparat Polda Metro Jaya, PT Kereta Api Indonesia daop satu Jakarta juga merekayasa operasional perjalanan kereta. Para penumpang yang hendak menggunakan kereta jarak jauh di Stasiun Gambir sejak Sabtu pagi diperkenankan naik dari Stasiun Jatinegara.

Begitupula bagi kedatangan sebanyak 22 kereta api jarak jauh, yang biasanya hanya berhenti di Stasiun Gambir, turun di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.

Sebelumnya sejumlah warga maupun ormas Islam berbondong-bondong datang dari berbagai daerah mengikuti aksi reuni akbar 212 ini. Salah satunya, warga yang berangkat dari Stasiun Bogor pada Jumat, 1 Desember 2017 malam yang menggunakan moda transportasi kereta Commuter Line.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jembatan Holtekamp Siap Dikirim Utuh dari Surabaya ke Papua

Posted: 01 Dec 2017 09:36 PM PST

Konstruksi satu dari dua box baja pelengkung bentang utama Jembatan Holtekamp yang diproduksi di PT PAL Indonesia, Surabaya telah rampung dan siap dikirim dengan kapal secara utuh ke Jayapura.

Rencananya, pengiriman box baja pelengkung dengan panjang 120 meter tersebut dilakukan pada Minggu (3/12/2017) bertepatan dengan Hari Bhakti PU ke-72.

"Umumnya, perangkaian sebuah jembatan dilakukan di lokasi. Namun untuk Holtekamp, perangkaian konstruksi dilakukan di tempat berbeda yaitu di PT PAL Indonesia Surabaya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Pembuatan pelengkung bentang tengah tersebut dilakukan sejak Juli 2017. Sementara, untuk pengiriman box baja pelengkung kedua akan dilakukan pada pertengahan Desember 2017.

Dalam pembuatannya, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 95 persen. Hal ini untuk mendukung pemanfaatan dan produksi baja dalam negeri.

Jembatan lengkung box ini merupakan bentang terpanjang dan terlebar di Indonesia. Lalu, pengiriman jembatan secara utuh dengan memakan jarak terjauh yakni 3.200 km dari Surabaya. Proyeksinya memakan waktu 30 hari.

Jembatan Holtekamp ini juga dilengkapi spesial bearing dinamakan seismic isolation pendulum bearing dan spesial expansion joint.

Panjang bentang utama jembatan ini 400 meter. Lalu, ditambah jembatan pendekat 332 meter yang terdiri 33 meter pendekat dari arah Hamadi dan 299 meter dari arah Holtekamp. Sehingga, total panjang jembatan keseluruhan 732 meter. Lebar jembatan adalah 21 meter yang terdiri 4 lajur 2 arah dilengkapi median jalan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Keberadaan Jembatan Holtekamp memiliki nilai strategis yakni untuk mengatasi kepadatan kawasan perkotaan, pemukiman, dan kegiatan perekonomian di dalam Kota Jayapura.

Pasalnya, jembatan ini memangkas jarak tempuh hingga 17 kilometer di antara kedua lokasi tersebut. Hal ini berpengaruh pada waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Muara Tami yang akan menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang sebelumnya membutuhkan waktu 2,5 jam kini menjadi 60 menit.

Pembangunan Jembatan Holtekamp dilakukan bersama oleh Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kota Jayapura. Kementerian PUPR mendanai pembangunan jembatan utama.

Pemerintah Provinsi Papua mendanai pembangunan Jembatan Pendekat Arah Holtekamp dan Pemerintah Kota Jayapura mendanai pembangunan jalan pendekat dan pembebasan lahan.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun jembatan di atas Teluk Youtefa ini mencapai Rp 1,7 triliun. Proyek ini dikerjakan kontraktor konsorsium PT Pembangunan Perumahan Tbk, PT Hutama Karya, dan PT Nindya Karya.

Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Jembatan Holtekamp ini selesaikan pada September 2018 atau lebih cepat dari rencana semula tahun 2019. Saat ini progres pembangunan fisik jembatan telah mencapai 78,68 persen.

"Pembangunan Jembatan Holtekamp tidak banyak mengalami kendala. Sesuai rencana awal akan selesai tahun 2019, namun tengah kami upayakan percepatan penyelesaiannya," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buaya Muara 2 Meter Diserahkan ke BKSDA Yogyakarta

Posted: 01 Dec 2017 09:32 PM PST

Usai pencarian selama dua hari, seekor buaya sepanjang dua meter yang sempat meresahkan warga Dukuh Kawagon, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jawa Tengah akhirnya ditangkap. Buaya muara ini selanjutnya diserahkan kepada petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (2/12/2017), selama dua hari terakhir buaya sepanjang dua meter ini berhasil ditangkap oleh sejumlah warga, saat menyusuri Sungai Kwagon, Jumat 1 Desember 2017 siang. Buaya muara tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas BKSDA Yogyakarta.

Buaya liar itu diketahui memasuki area permukiman selepas banjir yang merendam kawasan Dukuh Kwagon beberapa hari yang lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Lengkap NBA, Minggu 2 Desember 2017

Posted: 01 Dec 2017 09:30 PM PST

Pau Gasol memenangkan perang saudara pada lanjutan NBA 2017-2018. Melawan Marc Gasol yang membela Memphis Grizzlies, dia membantu San Antonio Spurs unggul 95-79 di FedExForum, Sabtu (1/12/2017) atau Minggu (2/12/2017) WIB

Kontribusi Pau membawa Spurs mencatat empat kemenangan beruntun. Rekor keseluruhan Spurs pun menjadi 15-7 pada NBA musim ini.

Di sisi lain, Marc gagal mencegah Grizzlies menderita kekalahan kesepuluh secara beruntun. Rapor mereka pun menjadi 7-14.

Keterpurukan ini kontras dengan kinerja di awal kampanye. Grizzlies sempat menjadi salah satu tim terbaik usai memetik lima kemenangan dalam enam pertandingan awal.

Mereka berhasil menumbangkan tim-tim kuat pada periode itu, yakni berjaya atas juara bertahan NBA Golden State Warriors dan Houston Rockets.

Selain kemenangan Spurs atas Grizzlies, berikut hasil lengkap NBA hari ini.

Warriors 133 Magic 112

Wizards 109 Pistons 91

Raptors 120 Pacers 115

Kings 107 Bulls 106

Heat 105 Hornets 100

Thunder 111 Timberwolves 107

Spurs 95 Grizzlies 79

Jazz 114 Pelicans 108

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Menikah, Tistha Nurma Dilarang Bertemu Afie Kalla

Posted: 01 Dec 2017 09:30 PM PST

Afie Kalla tak lama lagi akan menikahi tunangannya, Tistha Nurma. Berdasarkan info yang beredar, Afie akan mempersunting Tistha pada 10 Desember 2017 mendatang.

Namun, beberapa hari jelang pernikahannya, Afie Kalla dan Tistha Nurma tak boleh saling bertemu. Ya, mengikuti tradisi keluarga, Tistha menjalani pingitan di mana calon pengantin wanita tidak diperkenankan keluar rumah atau bertemu dengan calon pengantin pria.

 Tistha Nurma jalani siraman [foto: Instagram/tityhatta]

Terhitung mulai Kamis (30/11/2017), bintang film Romansa: Gending di Tanah Turki itu pun mulai dipingit.

"Memulai 'pingit' dari hari ini sampai hari besar nanti. Sampai jumpa di akad mas Afie @kalla.afie," ujar Tistha Nurma menyampaikan salam perpisahannya kepada Afie Kalla melalui Instagram pribadinya.

Tistha Nurma juga mengunggah foto dirinya mengenakan baju adat Bengkulu berwarna biru. Belum lama ini, Tistha juga mendapat kejutan pesta lajang dari para sahabatnya.

 

 

Di tengah waktu pingitannya, Tistha Nurma juga menjalani prosesi siraman pada Jumat (1/12/2017) kemarin. Tampak kedua orangtua Tistha beserta dua saudaranya, kompak mengenakan kebaya dan beskap berwarna hijau.

Selepas siraman, Tistha Nurma berganti pakaian memakai kebaya batik bernuansa putih hijau. Rambutnya disanggul dan dihiasi bunga melati.

Tistha Nurma jalani siraman dan pengajian [foto: Instagram/tityhatta]

Usai prosesi siraman, acara dilanjutkan dengan pengajian bersama. Wanita berusia 22 tahun itu tampak cantik dalam balutan baju muslim berwarna krem berhiaskan bunga-bunga.

"Semoga Bahagia selalu Putriku," ungkap ibunda Tistha Nurma, Tity Hatta di Instagramnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kekerasan Meningkat, Ratusan Tentara Brazil Disiagakan

Posted: 01 Dec 2017 09:30 PM PST

Brazil mengalami peningkatan angka kekerasan. Untuk mengurangi hal tersebut, pemerintah Brazil menyiagakan ratusan tentara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minibus Rombongan Buruh Terbalik di Tol Cipali

Posted: 01 Dec 2017 09:28 PM PST

Sebuah minibus yang membawa rombongan buruh dari Semarang menuju Bogor, terbalik di kilometer 76 Tol Cipali, Jawa Barat pada Jumat, 1 Desember 2017 siang. Satu Penumpang tewas dan belasan orang mengalami luka-luka.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (2/12/2017), kecelakaan yang terjadi di Ruas Tol Cipali, Jawa Barat, peristiwa itu bermula saat minibus diserempet oleh kendaraan lain, sehingga oleng dan terbalik. Diduga sang sopir juga mengantuk sehingga Ia tidak mengetahui ada kendaraan lain yang menyalip dari arah belakang.

Sementara 15 orang lainnya termasuk sang sopir, harus dirawat di Rumah Sakit MH. Thamrin, Purwakarta, karena mengalami luka-luka. Korban tewas adalah seorang buruh bernama Ristino, warga Karanganyar.

Sampai saat ini, korban baik yang tewas maupun luka-luka masih berada di rumah sakit, sedangkan bangkai minibus dievakuasi ke Kantor PJR Tol Cipali, Subang, Jawa Barat. Kasus kecelakaan ini ditangani petugas unit laka lantas Polres Purwakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BPSDMP Lantik 378 Perwira Pelayar Niaga PIP Makassar

Posted: 01 Dec 2017 09:28 PM PST

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, melantik 378 Perwira Pelayaran Niaga Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar pada Kamis (30/11/2017) di Hotel Grand Clarion, Makassar, Sulawesi Selatan.

Perwira yang dilantik merupakan lulusan Program Diklat Pelaut (DP) Tingkat IV, III, dan I yang terdiri dari 15 Orang ANT-I (Ahli Nautika Tingkat I), ATT-I (Ahli Teknika Tingkat I) sebanyak 17 Orang, ANT-III sebanyak 47 Orang, ANT-IV sebanyak 168 Orang, dan ATT-IV sebanyak 131 Orang.

Pelantikan dilakukan dengan pengalungan samir kepada perwakilan taruna terbaik, Wilson R.M program DP ANT-I angkatan IX, Mahbub program DP ATT-I angkatan IX, Edwin program DP ANT-III angkatan XXXII, Imran program DP ATT-IV angkatan I, Muhammad Yuliansyah program DP ANT-IV angkatan II, Misbahuddin program DP ATT-IV angkatan II, dan Aspar program DP ANT-IV angkatan III.

Djoko mengungkapkan bahwa saat ini prioritasnya adalah peningkatan daya saing lulusan di kancah internasional.

"Yang perlu ditingkatkan adalah daya jual pelaut-pelaut kita. Upaya yang dilakukan diantaranya adalah penguatan kemampuan berbahasa Inggris para lulusan dan juga peningkatan kemampuan dalam hal penerapan teknologi. Hal ini diperlukan agar pelaut-pelaut kita dapat bersaing di pasar global," ujarnya.

Dalam sambutannya, Djoko juga meminta agar kualitas lulusan terus ditingkatkan.

"Peranan sektor transportasi sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, untuk itu peluang ini harus ditangkap dengan secara terus menerus meningkatkan kualitas lulusan, khususnya PIP Makassar," ucapnya.

Djoko juga mengimbau jajarannya untuk meningkatkan kerja sama dalam pemanfaatan fasilitas.

"Saya minta PIP Makassar yang terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program-program dengan melibatkan dan bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan perguruan tinggi, serta mengoptimalkan sarana dan prasarana diklat, seperti kapal latih yang telah dibangun, guna menjamin mutu keterampilan dan kompetensi SDM di wilayah Sulawesi khususnya," kata dia.

Djoko mengatakan bahwa diharapkan para lulusan memberikan sumbangsih nyata ketika kembali ke masyarakat dalam pengabdian.

"Saya harap agar ketika para wisudawan kembali ke masyarakat, harus dapat menjadi panutan di lingkungannya dan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara," ujarnya.

Salah satu lulusan, Wilson, mengungkapkan kebanggaan dan harapannya kepada almamater beberapa saat setelah prosesi pelantikan.

"Saya merasa senang, bangga, dan bersyukur dapat menyelesaikan pendidikan di PIP Makassar, semoga kedepannya ada S2 kemaritiman d PIP Makassar," ucap lulusan program program DP ANT-I angkatan IX tersebut.

Acara pelantikan ditutup dengan berbagai rangkaian hiburan berupa penampilan paduan suara taruna taruni PIP Makassar.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hadiri Reuni 212, Sandiaga Temani Jokowi di GBK

Posted: 01 Dec 2017 09:26 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan beberapa fasilitas olahraga di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Fasilitas olahraga pertama yang diresmikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu adalah Lapangan Hoki, yang lokasinya tidak jauh dari Gedung Jakarta Convention Center.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Presiden Jokowi tiba sekitar pukul 11.30 WIB. Ia mengenakan jaket training dan sepatu olahraga berwarna merah.

Turut mendampingi Jokowi, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua KONI Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, dan Ketua INASGOC Erick Thohir.

Selain itu, tampak pula Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang mengenakan kaus berkerah putih. Padahal, hari ini, Sandiaga turut diundang ke acara reuni akbar alumni 212.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan beberapa fasilitas olahraga di GBK ini dalam rangka persiapan Asian Games 2018.

"Di seluruh kawasan Gelora Bung Karno ini ada 13 venue yang direhabilitasi untuk persiapan Asian Games, termasuk Wisma Atlet di Kemayoran. Empat venue sudah selesai," kata Menteri PUPR Basuki dalam laporannya.

Selain lapangan hoki, Jokowi juga meresmikan Lapangan Sepak Bola ABC, Lapangan Panaha, dan Stadion Renang (Aquatic).

 

 

Sebelumnya Presiden Jokowi menghadiri acara peringatan HUT ke-72 Persatuan Guru Republik Indonesua (PGRI) 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Sabtu (2/11/2017). Sebanyak 38 ribu guru se-Indonesia diundang dalam acara ini.

"Ada 38 ribu guru yang hadir di sini, ada yang belum bisa masuk ke sini. Kawan-kawan dari Bali membatalkan ke sini akibat tertunda (penerbangan). Semuanya antusias bertemu Bapak Presiden," ujar Ketua Umum PGRI Unifah Rasyidi di lokasi.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Stadion Patriot Bekasi pukul 08.30 WIB. Seperti para guru yang hadir, Jokowi turut mengenakan seragam PGRI yang didominasi warna putih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Pidato Panjang, Jokowi Resmikan 3 Sarana Olahraga di GBK

Posted: 01 Dec 2017 09:25 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga sarana olahraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Sarana tersebut digunakan untuk menunjang penyelenggaraan ajang olahraga Asian Games 2018.

Pantauan Liputan6.com, di kawasan GBK, Jakarta, Sabtu (2/12/2017), Jokowi ‎mengenakan setelah jaket dan celana training merah,‎ datang ke lapangan hoki GBK Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB. Beberapa saat setelah tiba, acara peresmian tiga sarana olahraga pun dimulai.

Tiga sarana yang diresmikan secara bersamaan dalam satu lokasi tersebut adalah lapangan hoki, lapangan panahan, dan lapangan ABC. Ketiganya terletak dalam satu jajaran ‎di kawasan GBK.

Setelah mendengarkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono‎, Jokowi diberikan kesempatan untuk memberi arahan.

Namun tidak seperti bias‎anya, Jokowi tidak melakukan pidato panjang. Dia hanya berkata, proses peresmian tiga lapangan tersebut dilakukan dengan cepat.

"Saya ingin cepat saja dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim lapangan panahan, lapangan hoki, lapangan ABC di kawasan Glora Bung Karno siang hari ini saya resmikan‎," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi menyaksikan latihan pertandingan ‎para atlet hoki.

Selain tiga sarana tersebut, Jokowi juga akan meresmikan sarana olahraga air (aquatic), yang masih berada di satu kawasan GBK.

Basuki mengungkapkan, di kawasan GBK ada 13 sarana olahraga yang akan diresmikan‎, untuk menunjang Asian Games 2018 juga dilakukan pembangunan sarana olahraga di Pelembang dan 10 tower Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta dengan total anggaran sebesar Rp 6,2 triliun.

Adapun empat saranan olahraga yang diresmikan menelan anggaran Rp 370 miliar.

"Untuk sembilan venue lainnya diresmikan 9 Desember 2017 untuk test event Februari 2018. Sebanyak 13 venues membutuhkan anggaran Rp 6,2 triliun, empat venue yang diresmikan hari ini membutuhkan anggaran Rp 370 miliar," tutur Basuki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Basuki Hadimuljono mengatakan, seluruh pembangunan kawasan GBK akan rampung akhir tahun ini.

"Kalau persentase harus tanya pelaksananya, tapi targetnya 31 Desember semua selesai," kata dia.

Dia mengatakan, pembangunan kawasan GBK dilakukan 24 jam. Menurutnya, saat ini tinggal proses merapikan kawasan GBK. "Ya, sudah mulai dibersih-bersihin," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polsek Kebun Jeruk Ringkus 2 Pencuri yang Beraksi di Rumah Kosong

Posted: 01 Dec 2017 09:23 PM PST

Waspadalah saat Anda meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Anggota Polsek Kebon Jeruk, Jakarta Barat meringkus dua pencuri yang kepergok beraksi dalam rumah yang ditinggal pemiliknya berlibur.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (2/12/2017), Agus Supriatna dan Suherman berjalan tertatih-tatih saat digelandang petugas pada Jumat, 1 Desember 2017 sore. Kedua pencuri ini ditembak kakinya saat berupaya kabur lantaran kepergok beraksi dalam sebuah rumah yang ditinggal penghuninya di kawasan Duri Kepa, Kebon Jeruk.

Kedua pelaku mengaku telah melakukan 30 kali pencurian di rumah kosong. Dari tangan kedua pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti hasil curian.

Sementara petugas kini masih memburu seorang penadah barang curian bernama Slamet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wenger: Arsenal Vs MU Tak Menentukan Lagi

Posted: 01 Dec 2017 09:20 PM PST

Arsenal akan menjamu Manchester United (MU) di Emirates Stadium, Minggu (3/12/2017) dinihari WIB. Meski sama-sama tengah bersaing merebut gelar juara, pertandingan ini menurut manajer Arsenal, Arsene Wenger tidaklah menentukan.

"Apakah pertandingan ini menentukan? Tidak, tidak begitu. Kita masih di awal musim. Dalam beberapa musim, mungkin ini menentukan, tapi sekarang tidak," ujar Wenger seperti dilansir Sports Mole.

Arsenal merupakan pesaing MU sampai era 2000-an. Wenger di kubu Arsenal sedangkan Sir Alex Ferguson di kubu MU.

Namun demikian, munculnya Chelsea di bawah Jose Mourinho memutus dominasi keduanya. Kini, paling tidak ada enam tim yang bersaing memperebutkan gelar juara.

"Kita punya enam sampai tujuh tim di papan atas. Namun ini masih pertandingan besar dan pertandingan penting," ujar Wenger.

 

 

Lebih lanjut, Wenger mengatakan kedua tim telah banyak berubah. Oleh karena itu, pertemuan di musim-musim sebelumnya menjadi sedikit tidak penting.

"Sejarah hanya memainkan peran kecil karena ini dua klub besar dan selalu membuat pertandingan hebat," ujar Wenger.

"Para pemain tahu bahwa ada banyak perhatian baik sebelum atau sesudah pertandingan. Tentu saja itu berpengaruh," kata Wenger mengakhiri.

Lima pertandingan terakhir Arsenal

Manchester City 3-1 Arsenal

Arsenal 2-0 Tottenham Hotspur

FC Koln 1-0 Arsenal

Burnley 0-1 Arsenal

Arsenal 5-0 Huddersfield

Lima pertandingan terakhir Manchester United

Chelsea 1-0 Manchester United

Manchester United 4-1 Newcastle United

Basel 1-0 Manchester United

Manchester United 1-0 Brighton

Watford 2-4 Manchester United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluar dari JKT48, Nabila Curhat ke Aldi CJR

Posted: 01 Dec 2017 09:20 PM PST

Setelah video kebersamaannya dengan Nabila eks JKT48 diunggah oleh Aming Sughandi di media sosialnya, kabar mengenai Aldi CJR menjalin hubungan dengan wanita 18 tahun itu santer terdengar.

Ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, Aldi CJR menjelaskan mengenai kejadian yang sudah telanjur tersebar di media sosial itu. "Jadi sama Nabibil tuh, manggilnya Nabibil ya. Jadi waktu itu abis syuting salah satu program, sama Kak Aming, sama Nabilah, dan lain-lain," ujarnya.

"Setelah syuting, aku ngajakin makanlah, 'Makan yuk ramai ramai, gitu'. Kita jarang nih. Setiap habis syuting langsung pulang. Nah akhirnya Nabilah sama Kak Aming ikut mobil aku. Terus di-Snapgram-in sama Kak Aming. Terus aku duduknya pas banget di belakang berdua sama Nabilah. Jadinya ramai," kata dia.

Aldi CJR juga mengaku bahwa selama menjalani syuting dengan Nabila eks JKT48 untuk acara tersebut, keduanya kerap berbagi cerita satu sama lain. Bahkan, penyanyi bernama asli Alvaro Maldini Siregar itu mengungkap bahwa Nabila eks JKT48 menjelaskan alasannya keluar dari grup idola yang membesarkan namanya itu.

 

 

"Gue tanya, kenapa (dia keluar). Terus dia cerita kan dia sudah kelas tiga, nah Jkt kan tiap minggu di teater tuh. Dia enggak bisa. Karena kelas 3 banyak bimbel segala macam," terangnya.

Aldi CJR sempatr cinlok dengan lawan mainnya di Ada Cinta di SMA. (viainstagram@alvaromaldini0414/Bintang.com)

Dalam kesempatan tersebut, Aldi CJR menegaskan bahwa hubungannya dengan Nabila eks JKT48 tak mungkin lebih dari sekadar teman. Selain Nabila yang sudah memiliki kekasih, Aldi juga mengaku saat ini dirinya tengah dekat dengan seorang wanita yang bukan dari kalangan artis.

"Gue sekarang lagi dekat sama cewek tapi bukan dari kalangan artis. Terus, dia (Nabila) juga udah punya cowok kan," paparnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPSDM Kemenhub Bantu Korban Pacitan dan Gunung Agung

Posted: 01 Dec 2017 09:19 PM PST

Beruntunnya bencana di Indonesia menggugah kepedulian Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan. Di Jawa Timur, Direktur Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun, Dedi Cahyadi, menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, pada sore Kamis (8/11/2017) di Posko Bencana Banjir Pacitan, Jawa Timur.

Dedi mengatakan bahwa dalam penyiapan bantuan, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Pacitan, sehingga bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pengungsi.

"Kami menyerahkan bantuan berupa selimut, minuman, makanan, keperluan bayi, keperluan masak, lotion nyamuk, dan obat-obatan. Ini hasil koordinasi kami dengan BPBD tentang kebutuhan para pengungsi," ujarnya.

Seperti diketahui, banjir dan longsor Pacitan terjadi pada Selasa (28/11/2017) dini hari. Musibah yang melanda lebih dari 20 desa di tiga kecamatan ini telah menelan 11 korban meninggal dunia dan lebih dari 5.000 warga mengungsi di 15 titik penungsian.

Sementara itu, UPT matra darat Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Bali, juga memberikan bantuan kepada para pengungsi erupsi Gunung Agung. Kepala BP2TD Bali, Bambang Wijonarko, menyerahkan bantuan berupa makanan, mie instan, peralatan mandi, minyak goreng, dan masker kepada warga di pengungsian Kabupaten Klungkung, Bali.

Saat ini, ada 229 titik pengungsian warga terkena dampak erupsi Gunung Agung yang diisi lebih dari 43.000 jiwa. Bambang mengatakan bahwa saat ini kebutuhan bahan makanan para pengungsi sudah memadai.

"Kami lihat bahan makanan kayaknya sudah cukup, selanjutnya kami akan kirimkan bantuan taruna taruni sebagai relawan. Kami ada Program Pesiar Peduli untuk mewadahi aktivitas sosial semacam ini. Sore kemarin, Kamis (30/11/2017), taruna/taruni D2 PKB BP2TD Bali melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah di saluran air Jalan Batuyang Bali dan sekarang ini aliran air sudah lancar dan tidak banjir lagi", ucapnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, mengonfirmasi tentang kegiatan sosial yang dilakukan lembaga yang berada di bawah binaan badan yang dia pimpin.

"Betul, saya mendapat laporan bahwa ada kegiatan sosial yang dilakukan oleh API Madiun dan BP2TD Bali, membantu warga pengungsi bencana banjir dan letusan Gunung Agung," kata dia.

Djoko menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan pemberian bantuan dan pengiriman relawan tersebut.

"Saya mendukung, karena ini wujud kepedulian kepada para korban, apalagi mereka sangat dekat secara geografis dengan para pengungsi," ujarnya.

Djoko menambahkan bahwa dirinya juga mendapat laporan tentang taruna yang terlibat di posko banjir dan longsor di Gunung Kidul, Yogyakarta.

"Di grup WA juga ada laporan bahwa ada taruna STTD yang sedang PKL di Gunung Kidul terlibat dalam posko tanggap darurat banjir dan longsor di sana, ini sangat positif dan memang sudah kewajiban kita membantu korban," ucapnya.

Djoko mengatakan bahwa keterlibatan taruna dalam kegiatan sosial sangat membantu pembentukan karakter para peserta diklat tersebut.

"Buat taruna dan taruni tentu saja positif, ini juga menjadi wadah bagi mereka belajar melayani, karena nantinya mereka akan melayani pengguna transportasi. Di kampus-kampus kita selalu menanamkan service culture kepada para taruna," kata dia.

Tidak hanya itu, Djoko juga menjelaskan tentang program Pesiar Peduli yang ada di kampus-kampus transportasi.

"Untuk membangun kepedulian kepada masyarakat, di sekolah-sekolah itu ada Program Pesiar Peduli, dimana di akhir pekan para taruna melakukan kegiatan sosial di wilayah sekitar kampus masing-masing. Ini salah satu upaya dalam membentuk karakter mereka," ujarnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ombak Tinggi Rusak Belasan Rumah Nelayan di Lampung

Posted: 01 Dec 2017 09:18 PM PST

Perairan Lampung saat ini tidak luput dari cuaca ekstrem. Gelombang ombak yang tinggi menyebabkan 14 rumah warga nelayan di pesisir Pantai Ketibung, Lampung Selatan, porak poranda.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (2/12/2017), potongan kayu dan benda lain yang mengapung di perairan Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan ini berasal dari rumah-rumah yang rusak diterjang ombak. Setidaknya ada 14 rumah porak poranda dihantam ombak yang mencapai empat meter, pada Jumat, 1 Desember 2017 siang, jembatan penghubung antar rumah juga terputus diterjang ombak.

Saat ombak tinggi menerjang, warga memilih menyelamatkan diri sehingga tidak sempat membawa harta benda mereka.

Warga yang kehilangan tempat tinggal, saat ini mengungsi di rumah tetangga dan keluarga mereka yang lebih aman. Khawatir ombak besar kembali datang, warga yang dibantu aparat TNI Angkatan Darat, bergotong royong membuat penahan gelombang dari kayu dan batu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pohon di Bogor Tumbang, 2 Orang Terluka

Posted: 01 Dec 2017 09:16 PM PST

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon setinggi 10 meter di bahu Jalan Raya Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat tumbang menimpa angkot, motor serta lampu lalu lintas. Dua orang yang berada dalam angkot luka parah terhimpit kap mobil yang ringsek.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (2/12/2017), angkutan kota jurusan Cisarua ringsek tertimpa batang pohon Kaliandra Tua, Tajur, Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 1 Desember 2017 sore. Dahan pohon juga menghantam satu unit motor serta rambu lampu lalu lintas.

Diduga pohon itu tak kuat menahan gempuran angin yang berhembus kencang dan cukup kuat. Hantaman pohon tumbang membuat seorang penumpang dan sopir angkot mengalami luka di bagian kepala dan tangan, lantaran terjepit kap mobil yang ringsek.

Warga yang dibantu petugas SAR segera memotong dahan pohon yang melintang dan mengganggu arus lalu lintas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Begini Ketika Anak-Anak Rohingya Pamerkan Mainan Mereka

Posted: 01 Dec 2017 09:15 PM PST

Seorang anak laki-laki Rohingya menunjukkan mainnya di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). Mereka adalah anak-anak Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar pada bulan Oktober kemarin. (AFP Photo/Ed Jones)

Seorang anak laki-laki Rohingya menunjukkan mainnya di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). Mereka adalah anak-anak Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar pada bulan Oktober kemarin. (AFP Photo/Ed Jones)

Bocah Rohingya berumur 9 tahun, Saiful Islam menunjukkan pistol mainan di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). (AFP Photo/Ed Jones)

Bocah Rohingya berumur 9 tahun, Saiful Islam menunjukkan pistol mainan di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). (AFP Photo/Ed Jones)

Bocah Rohingya berumur 3 tahun, Abi Asad menunjukkan mainnya di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). Mereka adalah anak-anak Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar pada bulan Oktober kemarin. (AFP Photo/Ed Jones)

Bocah Rohingya berumur 3 tahun, Abi Asad menunjukkan mainnya di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). Mereka adalah anak-anak Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar pada bulan Oktober kemarin. (AFP Photo/Ed Jones)

Gadis Rohingya berumur 7 tahun, menunjukkan saringan kecil yang dijadikan mainnya di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). Berbeda dengan anak-anak normal, mereka bermain dengan mainan seadanya. (AFP Photo/Ed Jones)

Gadis Rohingya berumur 7 tahun, menunjukkan saringan kecil yang dijadikan mainnya di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). Berbeda dengan anak-anak normal, mereka bermain dengan mainan seadanya. (AFP Photo/Ed Jones)

Bocah Rohingya berumur 8 tahun, Mohammad Rafiq menunjukkan peluit plastik mainnya di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). (AFP Photo/Ed Jones)

Bocah Rohingya berumur 8 tahun, Mohammad Rafiq menunjukkan peluit plastik mainnya di kamp pengungsi Shamlapur di Cox's Bazar (1/12). (AFP Photo/Ed Jones)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Komponen Ini Sebelum Berlibur dengan Mobil Pribadi

Posted: 01 Dec 2017 09:13 PM PST

Desember menjadi bulan yang cukup ditunggu-tunggu. Sebab, di bulan terakhir ini, banyak tanggalan merah sehingga menjadi waktu yang tepat untuk berlibur bersama.

Namun di waktu bersamaan, semua orang pasti memikirkan hal yang sama. Karena itu, tak jarang memasuki musim libur panjang, kemacetan akan terjadi di mana-mana, hal ini akan menjadikan mood Anda berkurang.

Akan tetapi, seperti dikutip laman toyota.astra.co.id, setidaknya ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, mulai dari soal kendaraan itu sendiri, gaya berkendara dan keadaan di dalam kabin.

Pertama, kendaraan harus dalam kondisi prima. Pastikan dilakukan pengecekan pada beberapa bagian, terutama bagian radiator dan pendingin kabin atau AC.

Radiator yang baik bisa mencegah mobil bermasalah saat terjebak macet. Sementara AC bermanfaat agar suhu di dalam tak terpengaruh panasnya udara di luar.

Kemudian soal gaya berkendara. Saat macet, yang perlu dilakukan adalah mengurangi intensitas menginjak setengah kopling.

Hal ini bertujuan, agar kaki pengendara tidak cepat lelah serta tidak membuat kopling cepat panas dan aus. Disarankan memposisikan transmisi ke netral saat berhenti.

Tentu saja hal itu bertujuan untuk menjaga pedal kopling dari kemungkinan dapat terlepas, kalau misalnya pengendara lupa jika transmisinya dalam posisi aktif.

Sumber yang sama menyebut bahwa pada mobil matik, usahakan pula tidak menempatkan transmisi di D. Pasalnya posisi itu bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Sedangkan keadaan di dalam kabin. Seperti yang disampaikan kepala riset dan pengembangan di Focus on the Family Singapore,Vicky Ho, dikutip dari laman torque.com.sg, bahwa sebaiknya orang tua mengajak anak bermain dengan barang kesukaannya selama di dalam mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Akhir tahun sebentar lagi, tentu hal ini menjadi momentum yang baik bagi Anda dan keluarga untuk travelling. Anda bisa melancong naik kereta atau pergi ke luar negeri dengan pesawat.

Namun, untuk merasakan pengalaman liburan yang berbeda, Anda bisa merencakan untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi, mobil misalnya. Nah, agar liburan Anda dan keluarga menyenangkan tak ada salahnya menyiapkan beberapa hal yang diperlukan.

Berikut beberapa tips yang diperlukan untuk bepergian dengan mobil.

Lokasi

Sebelum bepergian, Anda dan keluarga harus memutuskan lokasi yang akan didatangi. Cari tahu seluk beluk mengenai lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut ada dekat dengan penginapan dan destinasi wisatanya.

Selain itu, cermati pula rute yang Anda lalui. Jangan sampai, saat Anda bepergian jalur yang akan Anda tempuh tidak bisa dilalui. Alhasil, Anda dan keluarga akan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai kesana.

Logistik

Berpergian jarak jauh dengan mobil, Anda perlu menyiapkan beberapa makanan dan minuman. Tentu, hal itu akan mencegah Anda dan keluarga lapar selama perjalanan. Apalagi, kalau Anda melewati jalur yang sepi, dimana jarang terdapat penjual makanan.

Just in case, bawalah beberapa camilan dan minuman untuk Anda sekeluarga. Pilihlah camilan yang mampu menjadi penahan rasa lapar sampai ke lokasi.

Memilih kendaraan yang tepat

Dari semua hal yang di atas, hal yang wajib dicermati adalah pemilihan mobil saat travelling. Jangan sampai perjalanan jauh Anda dan keluarga terganggu atau kurang nyaman karena salah memilih kendaraan.

Untuk itu, pilihlah mobil tipe MPV (Multiple Purpose Vehicle). Ingat, dari segi pemakaian jenis mobil jenis ini bisa memastikan perjalanan jauh jadi tetap menyenangkan.

Mobil tipe MPV memang bisa diandalkan, karena memiliki daya angkut penumpang cukup banyak (7 seater) dan juga kapasitas bagasi yang luas. Ini sangat cocok dengan karakter keluarga Indonesia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Orang Hilang Akibat Banjir di Desa Purworejo

Posted: 01 Dec 2017 09:13 PM PST

Bencana banjir meninggalkan puing-puing berserakan di Desa Purworejo, Pacitan, Jawa Timur. Sebagian besar rumah warga rata dengan tanah, warga pun terpaksa tinggal di posko pengungsian dengan kondisi terbatas, sementara tim SAR terus mencari korban yang hilang.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (2/12/2017), puing-puing rumah warga dan bangunan lainnya masih terlihat porak-poranda dan sebagian bangunan sudah tidak dapat dihuni lagi. Meski bangunan hancur, warga di desa tersebut selamat dan mengungsi di posko pengungsian.

Kehidupan di posko pengungsian serba terbatas, warga berharap pemerintah dapat menambah bantuan berupa barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari.

Di tempat lain tim SAR gabungan terus mencari 10 korban yang hilang terseret banjir. Pencarian difokuskan di dua titik yaitu di Kecamatan Kebon Agung dan di Kecamatan Arjosari.

Sepuluh korban hilang tersebut terdiri dari enam orang di Kecamatan Kebon Agung, satu orang di Kecamatan Arjosari, dua orang di Kecamatan Tulakan, dan satu orang di Kecamatan Tegalombo.

Meski demikian tim SAR masih mengalami beberapa kendala. Proses pencarian korban ditargetkan berlangsung hingga masa tanggap darurat usai. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Cempaka Bikin Banyumas Rugi Rp 700 Juta dalam Sehari

Posted: 01 Dec 2017 09:10 PM PST

Bagi peternak ayam pedaging, musim hujan adalah saat-saat merepotkan. Kelembapan tinggi menyebabkan berbagai penyakit mudah muncul, mulai snot, gumboro hingga tetelo atau wabah Newcastle Disease (ND).

Kematian akibat penyakit-penyakit ini, terutama yang terakhir, bisa mencapai 80 persen. Maka, peternak pun melakukan beragam upaya untuk menghindari serangan penyakit mematikan itu.

Seperti Samsudin (55), misalnya. Peternak kawakan Desa Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ini menutup seluruh dinding kandang pada awal pemeliharaan hingga berumur dua pekan.

Lihatlah hasilnya sekarang, ribuan ayamnya sehat-sehat. Angka kematian kecil, di bawah dua persen. Ayamnya pun gendut-gendut menggemaskan. Ia tinggal menunggu tujuh hari lagi untuk memanen jerih payahnya. Ayam-ayam itu biasanya dipanen di usia 35 atau 37 hari.

Tetapi, tepat di hari ke-30, petaka datang. Hujan lebat disertai angin kencang menderu dari arah utara Banyumas. Badai Cempaka di Samudra Hindia memicu kecepatan angin hingga 40 knot atau sekitar 70 kilometer per jam.

Kandang ayamnya, yang hanya terbuat dari rangkaian bambu dan cor beton, goyah. Ayam-ayamnya panik beterbangan. Tak kuat diterpa angin kencang, kandang berukuran 30x7 meter ini miring. Lantas, ambruk total. Dalam peristiwa ini, ia menderita kerugian Rp 75 juta.

Warga mengevakuasi ribuan ayam pedaging yang mati akibat kandang ambruk. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Di saat yang sama, Kamis sore, 30 November 2017, terpaan angin kencang juga menyebabkan kandang ayam pedaging kapastitas ribuan ekor milik Haji Muhtar (60) ambruk. Sekitar 400 ekor ayam berumur 21 hari mati. Ia pun menderita kerugian Rp 75 juta.

Tak hanya di Desa Krajan, angin kencang dan hujan lebat dipicu badai Cempaka juga menyebabkan belasan kandang ayam pedaging di empat kecamatan lainnya ambruk. Keempat kecamatan itu yakni, Kecamatan Pekuncen, Cilongok, Ajibarang dan Karanglewas. Total, peternak rugi ratusan juta rupiah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pepohonan bertumbangan dan menimpa rumah penduduk akibat angin kencang dipicu badai cempaka. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas menyatakan, dalam peristiwa angin kencang yang dipicu badai Cempaka, Banyumas mengalami kerugian hingga Rp 700 juta lebih. Dan itu, hanya terjadi dalam waktu sehari.

Kerugian terbesar dialami oleh para peternak ayam pedaging di sejumlah kecamatan dan rumah yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang. 

Komandan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas, Heriana Ady Chandra menerangkan, bencana angin kencang dan hujan lebat di Banyumas pula menyebabkan puluhan rumah penduduk rusak. Rata-rata tertimpa pohon tumbang.

Dampak cuaca buruk merata di puluhan desa enam kecamatan. Di antaranya di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng dan Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas. Kemudian, Desa Sudimara, Kasegeran, Sokawera, Gununglurah, dan Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok.

Dampak angin kencang juga terjadi di Desa Karangklesem, Tumiyang, Petahunan, dan Karangkemiri di Kecamatan Pekuncen, serta Desa Karanggayam, Kecamatan Lumbir.

"Pohon tumbang menimpa rumah, sehingga menyebabkan kerusakan. Ada juga jaringan listrik yang tertimpa, sehingga dilakukan pemadaman," kata Chandra, Sabtu (2/11/2017).

Dari puluhan rumah yang rusak itu, lebih dari 20 rumah di antaranya mengalami kerusakan berat dan sedang. Sebab itu, BPBD mulai mendistribusikan bantuan logistik dan obat-obatan. Bantuan logistik digunakan oleh warga dan relawan yang bekerja bakti.

Selama November 2017, ribuan rumah di Banyumas dan Cilacap sempat terendam akibat curah hujan tinggi. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Hujan intenstitas tinggi di Banyumas juga menyebabkan naiknya debit Sungai Alam di Kecamatan Kebasen dan Sungai Angin di Kecamatan Sumpiuh. Akibatnya, ratusan rumah terendam akibat limpasan dan tanggul jebol.

"Kemudian relawan kerja bakti menutup titik jebol dengan karung tanah," ujar Chandra.

Bencana angin kencang di Banyumas juga menyebabkan satu korban meninggal dunia. Korban, Tarwin (45 th) sedang melintas menggunakan sepeda motor di jalur utama Ajibarang-Purwokerto, tepatnya di selatan Situ Elok Cilongok. Nahas, di lokasi ada pohon tumbang dan tepat mengenai korban.

Chandra mengemukakan, penghitungan kerugian akibat angin kencang dan hujan lebat masih terus dilakukan. Hingga saat ini, masih ada sejumlah desa yang belum melaporkan angka kerugian.

Dia pun mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan menyusul munculnya badai Dahlia. Salah satunya dengan cara memotong dahan pohon di permukiman yang terlalu rimbun, atau memotong pohon yang membahayakan dan berpotensi roboh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Manchester City Menyesal Ceramahi Gelandang Southampton

Posted: 01 Dec 2017 09:10 PM PST

Manajer Manchester City , Pep Guardiola menyesal telah menceramahi gelandang Southampton, Nathan Reymond. Meskipun, ia melakukannya sebagai bentuk pujian atas permainan Reymond.

Guardiola terlihat seperti memarahi Reymond saat pertandingan Manchester City  melawan Southampton, 2-1. Belakangan, Reymond mengatakan kalau Guardiola sebetulnya tak memarahinya.

Reymond mengaku, Guardiola justru memujinya karena telah bermain bagus melawan Manchester City . Reymond pun balik memuji Guardiola dengan menyebutnya sebagai salah satu manajer terbaik di dunia.

Seperti dilansir Soccerway, Guardiola pun buka suara soal peristiwa itu. Manajer asal Spanyol ini menyesali tindakannya.

"Ya, saya menyesal. Apa yang saya katakan waktu itu adalah yang seperti dikatakan Reymond dalam komentarnya. Saya mengaguminya sebagai pemain bola dan saya berterima kasih atas komentarnya itu," kata Guardiola.

 

 

 

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (AFP Photo/Oli Scarff)

Sebelum saling mengklarifikasi, The Sun memberitakan kalau Guardiola memarahi Reymond. Guardiola pun siap jika ia dipanggil FA terkait dugaan The Sun tersebut.

"Jika mereka ingin mendengarkan saya, saya akan melakukannya. Mereka bisa melakukannya dengan saya, Reymond atau The Sun. Tidak masalah," kata Guardiola.

Pemain Bayern Munchen, Joshua Kimmich (AFP/Patrik Stollarz)

Guardiola mengaku, tindakannya pada Reymond pernah juga ia lakukan sewaktu melatih Bayern Munchen. Ia melakukannya pada salah satu pemainnya, Joshua Kimmich.

"Ini terjadi di Munchen dengan mantan pemain saya, Joshua Kimmich. Saya melakukan hal yang sama setelah pertandingan di Dortmund. Setelah itu saya menyesal dan sekarang pun begitu," kata Guardiola mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peserta Famtrip Korea Senang Diajak Offroad Lava Tour Merapi

Posted: 01 Dec 2017 09:04 PM PST

Aktivitas Familization Trip (Famtrip) media dan blogger Korea di Yogyakarta berlangsung seru. Delapan perwakilan media dan blogger asal Negeri Ginseng mengaku gembira diajak wisata offroad Lava Tour Merapi.

"Ini menjadi pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan. Sangat Seru. Ada nuansa luar biasa saat kami diajak menelusuri kawasan Merapi yang diluluhlantahkkan lava beberapa tahun silam," ujar Lee Woorin, Youtuber asal Korea, Jumat (1/12/2017).

Lee sangat bersemangat karena di Korea, Lee belum pernah naik jeep Willys tua dan beroffroad dengan menerabas medan yang jalanannya berundak-undak dan dipenuhi pasir dan batu. Baginya, ini pengalaman baru dan seru.

"Driver jeep mengajak bertualang melewati sungai dan jalanan yang tidak mulus. Badan bakal terguncang di atas mobil jeep offroad yang melaju kencang. Brum-brum! Benar-benar tempat wisata yang asik dan seru," ucap pemilik channel Youtube dengan jumlah subscriber 300 ribu orang tersebut.

Kawasan di sekitar Merapi yang penuh kerikil, bebatuan, dan pasir jadi lokasi yang paling dinanti Lee. Saat guncangannya semakin hebat, dia justru makin senang. 

"Di sini bisa berwisata sekaligus memacu adrenalin. Cool!" kata dia.

Unsur edukasinya pun ada. Di sepanjang perjalanan, rombongan famtrip dapat menyaksikan sisa-sisa keganasan erupsi Merapi, mulai dari kampung Kinahrejo yang luluh lantak, bekas hunian warga yang rubuh dan tak berpenghuni, timbunan material vulkanik berupa pasir dan kerikil, hingga batu-batuan berukuran besar yang dimuntahkan dari perut Merapi.

Bahkan, di salah satu spot, bisa dijumpai wisata Batu Alien. Dari cerita warga sekitar, batu 'alien' yang besarnya seperti gajah tersebut terlempar dari puncak Merapi sejauh 7 km.

Menyusuri jalan pulang, peserta famtrip diajak melewati sungai Kali Kuning. Saat melewati genangan air, mobil sengaja digas dengan kecepatan tinggi sehingga tamu asal Korea bisa merasakan sensasi cipratan air Kali Kuning.

"Ini baru hari pertama. Selanjutnya akan lebih menyenangkan serta lebih seru lagi. Baru satu spot di Yogyakarta, masih banyak spot lain yang nanti akan dijelajahi. Candi Prambanan, Candi Borobudur, Keraton Yogyakarta, Keraton Solo siap dieksplore," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar, Vinsensius Jemadu.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, memiliki pendapat serupa. Menurutnya, famtrip tersebut tepat sasaran. Mengundang media dan blogger Korea merasakan sensasi berwisata yang menyenangkan, diyakini bakal menimbulkan efek domino yang positif bagi pariwisata Yogyakarta.

"Selama ini pasar Korea hanya terfokus pada Bali dan Lombok. Ke depan Yogyakarta pasti akan makin banyak dikunjungi wisman Korea karena media dan blogger ini mempunyai basis follower yang tidak sedikit. Pasti akan positif," ucap Arief.

Karena itu, mengeksplorasi Yogyakarta dengan segala kekayaan alam, budaya, dan kulinernya dinilai sangat strategis.

"Ketika dieksplorasi lebih dalam, destinasi wisata di Yogyakarta akan memiliki news value yang besar. Indirect impact-nya besar. Media value-nya besar. Ini akan memberi keuntungan tersendiri bagi pariwisata Indonesia," kata Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 WN Filipina Dideportasi dari Sulawesi Utara

Posted: 01 Dec 2017 09:03 PM PST

Kantor Imigrasi Bitung, Sulawesi Utara, mendeportasi 12 warga negara (WN) Filipina. Keputusan ini diambil karena belasan orang itu masuk wilayah Indonesia secara ilegal.

"Mereka dideportasi hari Kamis 30 November," ujar Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Bitung, Reza Pahlevi, Jumat 1 November 2017.

Belasan WN Filipina itu diantar ke Bandara Sam Ratulangi, Manado, untuk kemudian diterbangkan ke negara asal dan dijemput pihak terkait di negara mereka.

"Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Filipina. Jadi deportasi ini sudah dilakukan sesuai ketentuan dan mekanisme yang berlaku," imbuh Reza.

Dia menjelaskan asal-usul warga asing itu berada di Indonesia. Awalnya, kata Reza, mereka datang untuk menangkap ikan secara illegal.

"Jadi sebelum dideportasi mereka lebih dulu menjalani hukuman pidana. Tapi khusus untuk satu orang melakukan tiga pelanggaran sekaligus, yaitu masuk Indonesia secara ilegal, menangkap ikan di sini, dan menggunakan KTP Indonesia palsu," beber Reza.

Dia mengatakan, tidak semua warga asing itu jadi kewenangan pihaknya. Empat di antara mereka bukan diproses oleh Kantor Imigrasi Bitung, melainkan Kantor Imigrasi Tahuna.

"Cuma karena waktunya bersamaan jadi sekaligus saja," dia menjelaskan.

Belasan warga Filipina itu sendiri tidak keberatan dideportasi. Mereka justru gembira karena bisa kembali ke negara asal.

"Kami senang karena akan bertemu lagi dengan keluarga. Saya sendiri sudah lebih dari satu tahun tidak bertemu dengan mereka," tutur salah satu dari mereka.

Di lain pihak, Kepala Pangkalan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Bitung, Sumono Darminto, mengatakan, sebelumnya Imigrasi sudah berkoordinasi dengan pihaknya.

"Memang betul delapan orang di antaranya kami yang proses. Mereka itu nakhoda yang kapalnya kedapatan menangkap ikan di Indonesia," kata Sumono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Korea Utara

Posted: 01 Dec 2017 09:00 PM PST

Korea Utara memang menjadi salah satu negara yang mencuri perhatian masyarakat. Negara yang dipimpin Kim Jong-Un ini dikenal sering memancing berbagai kontroversi di seluruh penjuru dunia.

Bukan hanya mengenai uji coba nuklir yang mengancam kehidupan umat manusia di muka bumi, sebenarnya ada beberapa hal menyedihkan lo. Dilansir dari Bright Side, inilah 10 fakta mencengangkan kehidupan masyarakat Korea Utara.

1. Memiliki Sistem Penanggalan Kalender Tersendiri

Selain menggunakan sistem kalender Masehi, Korea Utara juga memiliki sistem penanggalan tersendiri. Uniknya sistem penanggalan ini dimulai dari hari lahir Presiden Kim Il-Sung pada 1912.

Sistem penanggalan kalender ini sudah diakui Korea Utara mulai tahun 1997. Itu berarti, saat ini Korea Utara hidup di tahun 106 kalender Kim Il-Sung.

2. Jalan Raya Hanya untuk Pejabat

Jangan harap menemukan jalanan mulus di Korea Utara. Karena, hanya sekitar 8 persen saja jalanan yang terlapisi aspal lo.

Hal itu mengingat hanya kalangan militer dan politikus saja yang diperbolehkan memiliki mobil. Penduduk setempat pada umumnya menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi.

3. Polisi Wanita sebagai Pengatur Lalu Lintas

Di saat jumlah kendaraan bermotor yang dibatasi oleh pemerintah Korea Utara, ternyata juga membutuhkan jasa pengatur lalu lintas. Uniknya mereka malah menggunakan polisi wanita.

Peran polisi wanita ini adalah mengatur kendaraan yang melintas dan menggantikan lampu lalu lintas. Uniknya lagi mereka yang mengatur haruslah single dan berusia di bawah 26 tahun.  

Kamu kenal kan badan antariksa yang dibentuk oleh Amerika Serikat? The National Aeronautics and Space Administrastion atau biasa disingkat NASA ini ternyata punya tiruan di Korea Utara.

Pemerintah negara yang dipimpin Kim Jong-Un ini sendiri telah membangun badan antariksa sejak 1980. Namun pada 2013, mereka resmi merilis NADA.

5. Unicorn Mitos? Itu Ternyata Fakta

Kamu pasti pernah melihat unicorn dalam seri atau film fiksi yang sering kamu tonton. Jika kamu menganggapnya mitos, ternyata hal ini benar-benar ada.

Peneliti Korea Utara telah menyatakan bahwa unicorn bukanlah hewan imajinasi saja. Mereka pun juga sudah menemukan keberadaan unicorn di Ibu Kota Pyongyang. 

6. Obat-obatan Dewa Sembuhkan Segala Penyakit

Dunia sedang menghadapi masalah penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Uniknya, Korea Utara malah punya obat-obatan dewa yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Obat-obatan yang diracik dari gingseng merah dan ramuan rahasia ini diklaim mampu menyembuhkan penyakti Mers, Aids sampai Ebola.

Siapa bilang orang Korea Utara tidak boleh menikmati kebahagiaan? Tiap tahunnya lebih dari 100 ribu orang ikut ambil bagian dalam acara terbesar di Korea Utara, Festival Arirang.

Festival ini diadakan di stadion terbesar di sana. Selain tari-tarian, kamu juga bakal menikmati penampilan dari layar raksasa. Bahkan, Festival Arirang pernah masuk Guinness Book of World Records. 

8. Wanita Gak Fashionis, Tapi Tetap Cantik Kok

Korea Utara memang bisa dibilang menjadi negara yang tertutup dengan perkembangan dunia luar. Para wanita saja bahkan nggak bisa mengikuti perkembangan tren fashion internasional.

Namun, mereka semua tetap cantik kok. Wanita Korea Utara jarang berdandan dan menghabiskan waktunya untuk bekerja. Mereka baru berdandan dan mengenakan pakaian nasional saat libur nasional.

9. Segalanya Tentang Presiden Kim Jong-Il

Kim Jong-Il menjadi sosok yang berpengaruh di Korea Utara. Bahkan sebagai pendiri negara ini pun, Kim Jong-Il sangat disegani oleh rakyatnya.

Sosoknya yang karismatik pun menurun pada sosok pemimpin selanjutnya, termasuk Kim Jong-Un. Sangat berpengaruh sekali ya sosok yang satu ini.

10. Korea Utara adalah Negara Bahagia di Dunia

Hidup di Korea Utara enggak bahagia sama sekali? Kata siapa? Buktinya menurut penelitian, Korea Utara termasuk ke dalam salah satu negara paling bahagia di dunia.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/fakta-kehidupan-korea-utara/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joko Susilo Geber Latihan Arema

Posted: 01 Dec 2017 09:00 PM PST

Arema FC tak mau menunggu lama untuk mempersiapkan diri mengikuti kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia. Setelah mengenalkan pelatih fisik baru yang melengkapi susunan kepelatihan tim Joko Susilo, Singo Edan langsung menggelar latihan yang dipusatkan di Lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh Malang.

 

Latihan diikuti lengkap jajaran pelatih dan 5 pemain senior yang diantara Ahmet Atayev, Junda Irawan, Dio Permana, Utam Rusdiana dan Dedik Setiawan.

Selain itu ada beberapa pemain akademi Arema dan pemain dari Metro FC yang turut hadir untuk menjaga kondisi tubuh di jeda kompetisi.

"Kita sengaja melakukan latihan hari ini, kita ingin mengetahui saja kesiapan awal yang perlu disiapkan sembari menunggu pemain lainnya yang belum hadir," ujar Joko Susilo.

 

 

Joko

Selain itu, dia tidak mau menyalahkan pemainnya yang absen pada latihan. Dirinya mengaku jika latihan yang diadakan ini merupakan inisiatifnya saja dan bukan merupakan program latihan yang sudah disusunnya.

"Setelah kemarin manajemen resmi menunjuk kita, kita langsung melakukan aksi ini. Setidaknya ini bukan hal yang negatif. Menurut saya persiapan ini tidak terlalu cepat ataupun lambat, dan saya memahami jika masih banyak pemain yang izin karena keperluan keluarga mereka," imbuh pelatih yamhg kerap di sapa Gethuk ini.

Untuk program latihan yang masuk dalam kalender pelatih, Gethuk baru akan memulainya pada Senin (4/12) mendatang. Agenda awal akan dimulai dengan melihat kondisi pemain, kemudian baru akan terlihat seperti apa materi yang akan diberikan selanjutnya.

"Kita sudah menginfokan untuk seluruh pemain bisa hadir dalam latihan di hari Senin. Kita menginginkan adanya peningkatan kualitas dan fisik untuk musim depan, maka dari itu untuk latihan besok akan dimulai dengan melihat kondisi fisik mereka," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenangan Tak Terlupakan Novita Angie pada Ayahnya

Posted: 01 Dec 2017 09:00 PM PST

Kepergian Sumiharso bin Soekarwo untuk selama-lamanya, membuat Novita Angie sangat terpukul. Semasa hidup, Angie sangat dekat dengan sang ayah.

Kenangan masa kecil pun masih melekat jelas dalam ingatan Novita Angie. Salah satunya pekerjaan Sumiharso yang kini menurun pada dirinya.

"Karena papa saya pengin jadi penyiar radio. Karena papa juga saya sekarang jadi penyiar radio," kenang Novita Angie, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, Jumat (1/12/2017).

Novita Angie ingat betul kala ayahnya mengajaknya ikut bekerja setiap pagi. Di sana, ia hanya menemani Sumiharso siaran.

"Papa tuh kalau siaran selalu bawa saya pakai kain gendong. Karena siaran jam 4 pagi, takut jatuh dari motor makanya pakai kain gendong. Nanti saya ditidurin di sofa dalam studio," ia melanjutkan.

 

Air mata semakin tak terbendung ketika suaminya, Sapto Haryo Rajasa, mengazani ayahnya sebelum dimasukan ke dalam liang lahat. Sesekali Angie menyeka air mata yang terus mengalir deras. (Daniel Kampua/Bintang.com)

Novita Angie sudah mendapatkan firasat akan ditinggalkan sang ayah. Masih terbayang di pelupuk mata keceriaan serta perhatian ayahnya. Namun, pria yang mengembuskan napas terakhirnya pada usia 73 tahun ini harus melawan penyakit kanker.

"Papa tuk sosok yang selalu ramah sama semua orang, itu yan membuat kita tidak lupa," kata Novita Angie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemenang Nobel Ekonomi Ini Angkat Bicara soal Bitcoin

Posted: 01 Dec 2017 09:00 PM PST

Lonjakan nilai bitcoin menarik perhatian. Bahkan sejumlah ahli masing-masing mengungkapkan pandangannya mengenai mata uang digital tersebut.

Salah satunya pemenang nobel ekonomi sekaligus ekonom Joseph Stiglitz. Ia berbagi pandangannya mengenai mata uang digital tersebut. Dalam wawancara dengan Bloomberg, Stiglitz bukan seseorang yang menyukai bitcoin.

Ia berpendapat, bitcoin dapat sukses karena ada potensi penguatan secara siklus. Apalagi, bitcoin juga tidak diawasi pemerintah. "Ini seharusnya dilarang karena fungsinya tidak bermanfaat secara sosial," ujar dia seperti dikutip dari laman Fortune, Sabtu (2/12/2017).

Bitcoin memang mengalami euforia dalam beberapa pekan terakhir. Pada Rabu 29 November, nilai bitcoin mencapai US$ 11.000. Stiglitz menilai meski pertumbuhan mata uang digital cepat, bitcoin lama-kelamaan akan seperti "gelembung" dan menunggu waktu untuk pecah.

"Ini memberikan waktu kepada orang saat nilai bitcoin naik dan kemudian turun," kata dia.

Ia mencatat kalau lonjakan nilai bitcoin saat ini berasal dari harapan nilainya akan terus naik di masa mendatang. Namun, ketidakpastian itu juga dikombinasikan dengan pemerintah yang dapat menekannya setiap saat.  Hal ini juga menunjukkan apa yang dikatakan Stiglitz ada benarnya. Nilai bitcoin turun 20 persen usai memecahkan rekor sepanjang masa pada Rabu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Bank Indonesia (BI) menegaskan jika bitcoin bukan merupakan alat pembayaran yang sah. Masyarakat diminta untuk berhati-hati jika menggunakan mata uang virtual ini.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pihaknya sebagai otoritas mata uang di Indonesia telah menyatakan jika bitcoin tak masuk dalam kategori alat pembayaran yang sah. Oleh karena itu, penggunaannya diawasi secara ketat.

"Itu bukan alat pembayaran. Kalau mau nanya tentang bitcoin perlu memahami posisi dari otoritas adalah mengarahkan itu bukan alat pembayaran yang sah," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Jumat 1 Desember 2017.

Agus menyatakan, penggunaan bitcoin juga akan menimbulkan risiko bagi masyarakat. Karena itu, BI mengimbau masyarakat untuk menggunakan mata uang diakui oleh BI dan pemerintah.

"Saya mau menyampaikan, itu bukanlah alat pembayaran yang sah. Jadi semua yang akan mau menggunakan bitcoin itu ada risikonya ya," tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, bitcoin capai level tertinggi US$ 11.000. Usai sentuh level tertinggi US$ 11.388,33, bitcoin tergelincir 18 persen menjadi US$ 9.290,30 pada Rabu 29 November 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Ciptakan Minuman Beralkohol dari Tahu

Posted: 01 Dec 2017 09:00 PM PST

Tahu bukan hanya digemari di Asia, tapi juga dunia. Hal ini mungkin yang mendasari para ilmuwan di the National University of Singapore untuk mengembangkan minuman beralkohol dari tahu.

Seperti diberitakan Independent, Sabtu (2/12/2017), para ilmuwan dalam hal ini memanfaatkan limbah dalam pembuatan tahu. Sisa limbah ini lalu diubah komposisinya melalui proses fermentasi yang panjang hingga menjadi minuman beralkohol layaknya wine.

"Kami menambahkan gula, asam, ragi, serta penambah rasa ke minuman tersebut.Alhasil, minuman ini memiliki kandungan alkohol 8 persen," kata profesor Liu Shao Quan dan mahasiswa PhD, Mr Chua Jian Yong, Sachi.

Tapi selain rasanya yang enak, minuman yang disebut Sachi ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. "Karena tahu dibuat dari kedelai, maka kandungan gizinya tinggi, bahkan limbahnya mengandung kalsium."

Liu bahkan mengklaim, minuman ini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tulang, jantung dan mencegah risiko kanker.

Untuk saat ini, Sachi memiliki umur simpan hanya empat bulan. Sebab peneliti tidak menggunakan bahan pengawet khusus untuk memproses tahu ini .

 

Simak video menarik berikut ini:

Kanker prostat sejatinya dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi tahu dan tempe, teh hijau, tomat, sayur mayur dan buah-buahan serta menghindari konsumsi daging merah.

"Tapi, kenyataannya banyak dari kita yang mengonsumsi tahu dan tempe seminggu tak lebih dari 3 potong," terang dokter ahli urologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM), Prof. dr. Rainy Umbas, PhD, Sp. U, beberapa waktu silam.

Padahal, menurut Umbas, kalau sadar akan bahaya kanker prostat, kita wajib mengonsumsi itu semua. Yang terpenting, periksakan kondisi diri sendiri sedini mungkin. "Jangan sampai, pria tahu dirinya terkena kanker prostat setelah sudah stadium lanjut," kata Umbas.

Beberapa faktor risiko lain yang membuat pria mudah terserang kanker prostat adalah mereka yang menjalankan diet tinggi lemak atau gemar mengonsumsi makanan berlemak, kekurangan sinar matahari, penuaan dini, riwayat keluarga, dan ras.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Lakukan Hal Ini Sebelum Beli Tiket Pesawat Murah

Posted: 01 Dec 2017 09:00 PM PST

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah, mulai dari mendatangi pameran yang menyediakan tiket pesawat promo atau berburu di situs travel online.

Artikel tentang berbagai hal yang perlu dilakukan sebelum membeli tiket pesawat dengan harga murah via online ini menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari peringatan Maulid Nabi yang jadi trending topic di Twitter, dan trailer The Avengers: Infinity War yang disaksikan oleh 230 juta pasang mata hanya dalam waktu 24 jam.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Siapkan 10 Hal Ini Sebelum Beli Tiket Pesawat Murah via Online

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah, mulai dari mendatangi pameran yang menyediakan tiket pesawat promo atau berburu di situs travel online.

Saat harga penerbangan turun, konsumen mungkin akan membeli tiket secara impulsif, tanpa benar-benar memperhitungkan faktor-faktor lain yang berpengaruh dan berpotensi merusak rencana liburan mereka.

Karena itu situs pencari travel global Skyscanner telah mengumpulkan daftar sepuluh hal yang perlu disiapkan sebelum membeli tiket murah. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Baca selengkapnya di sini

2. Peringatan Maulid Nabi Jadi Trending Topic Terpopuler Twitter

Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari ini, Jumat (1/12/2017), diperingati umat muslim di seluruh dunia.

Seperti diketahui, maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir, maka Maulid adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Adapun peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan untuk mengungkapkan penghormatan dan kegembiraan kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca selengkapnya di sini

3. Trailer Perdana Avengers: Infinity War Disaksikan 230 Juta Kali

Bergembiralah penggemar Marvel. Ya, apa yang kalian nantikan selama beberapa bulan terakhir akhirnya datang juga, yaitu trailer perdana film "Avengers: Infinity War".

Trailer film ketiga Avengers ini sukses menyihir ratusan juta pasang mata penggemarnya di dunia maya. Bahkan, Avengers: Infinity War menjadi topik terpopuler pertama yang paling banyak diperbincangkan pada akhir pekan ini.

Hingga berita ini naik, trailer yang ditayangkan di beberapa platform media sosial sudah disaksikan lebih dari 230 juta pasang mata hanya dalam waktu 24 jam! Demikian dikutip Digital Spy, Jumat (1/12/2017).

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pose Seksi dan Menantang Agnez Mo di Tempat Tidur

Posted: 01 Dec 2017 09:00 PM PST

Agnez Mo menjalani pemotretan dengan latar tempat tidur. Ia menampilkan beberapa pose seksi dan menantang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Koleksi 4 Desainer Indonesia di Dubai Modest Fashion Week

Posted: 01 Dec 2017 09:00 PM PST

Dubai Modest Fashion Week 2017 akan digelar pada 8-9 Desember 2017 di Dubai, Uni Emirat Arab. Wardah didaulat untuk menjadi makeup partner bagi pergelaran busana kelas dunia ini. Sebagai wujud komitmen Wardah yang mendukung perkembangan fashion di Indonesia, Wardah menggandeng empat desainer untuk tampil di Dubai Modest Fashion Show 2017. Mereka adalah Zaskia Sungkar, Restu Anggraeni, Ria Miranda, dan Norma Hauri. Masing-masing dari mereka menampilkan koleksi busana yang sesuai dengan karakter mereka.

Dalam press conference yang digelar di Rumah Maroko pada Kamis (30/11/2017), keempat fashion designer ini memberikan bocoran rancangan busana yang akan mereka pamerkan di Dubai Modest Fashion Week 2017. Apa saja itu? Berikut rangkumannya.

 

Zaskia Sungkar merancang busana muslim bertema Capricorn. Busana ini terinspirasi dari wanita capricorn yang terlihat cantik dan feminim namun memiliki jiwa yang kuat (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

1. Zaskia Sungkar

Zaskia Sungkar mengambil tema Capricorn untuk koleksi busananya kali ini. Ia terinspirasi dari wanita capricorn yang terlihat cantik dan feminim di luar namun memiliki jiwa yang sangat kuat dan tegas. Dari inspirasi inilah akhirnya Zaskia menciptakan rancangan busana yang maskulin namun feminin dengan siluet yang tegas terstruktur. Ditambah dengan detail beads dan aksesoris berbahan metal untuk menambah kesan kuat pada seorang wanita. Busana rancangan Zaskia Sungkar didominasi oleh warna hitam, silver, dan merah yang merepresentasikan seorang wanita capricorn. Busana muslim dengan collar menjadi ciri khas dari Zaskia Sungkar. Ia mengaplikasikan collar di bagian dada dan bawah dengan detail payet sehingga tetap menampilkan kesan simple namun elegan. Untuk menonjolkan sisi maskulinnya sendiri, Zaskia memilih cutting celana pada bagian bawah dan belt silver. Silver dipilih untuk menampilkan kesan elegan.

Koleksi busana Zaskia akan dipadukan dengan makeup look Yellow yang memperlihatkan healty skin dan juga flawless. Menurut Kia, makeup look kuning sangat cocok untuk koleksi busananya karena busana yang dirancangnya ini menggunakan siluet seperti dress yang cocok digunakan untuk acara formil. Sehingga tidak perlu makeup yang terlalu mencolok untuk tampil cantik dengan busananya.

 

Ria Miranda merancang busana muslim bertemakan Eucaflora. Menggabungkan motif yang terinsipirasi dari alam dan kearifan budaya lokal Sumatra Barat, teknik sulaman (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

2. Ria Miranda

Ria Miranda mengambil tema Eucaflora yang menggabungkan motif dari alam. Terinspirasi dari keinginan untuk menikmati sebuah proses, di mana proses pengerjaan koleksi busana Miranda sendiri memakan waktu hingga 7 bulan. Selain itu, Ria juga menggunakan teknik sulaman dalam koleksi busana muslimnya yang inspirasinya ia dapatkan dari kearifan budaya lokal Sumatra Barat.

Motif pada koleksi busana muslim Ria didapatkan dari sisa kelopak bunga untuk motif koleksi 2018. Pewarna yang digunakan Ria pun alami yakni berasal dari tumbuhan dan buah-buahan seperti kulit alpukat.

"Mulai dari bikin kainnya, pilih warnanya. Bahannya juga dari alam. Dari sisa-sisa bunga, kulit alpukat untuk warnanya. Kainnya sendiri dari serat alam, yakni eucalyptus. Kainnya beberapa ada yang dari Eucalyptus. 2018 sih harapannya bisa komitmen untuk menghargai alam dan menghargai sebuah proses," kata Ria.

Dalam koleksinya ini, Ria menampilkan warna pastel yang berasal dari alam. Tak hanya warna, motif bunga yang terdapat pada busana Ria pun merupakan motif bunga asli yang dipindahkan ke kain eucalyptus dengan teknik tertentu. Teknik ini disebut ecoprint. Detail payet tetap digunakan Ria untuk mempertahankan ciri khas rancangan busana Ria Miranda. Koleksi Eucaflora ini sendiri merupakan hasil kerjasama Ria dengan salah satu pemenang Wardah Fashion Award 2016, di mana pemenang tersebut menggunakan eco print dalam rancangan busananya.

Makeup look sendiri disesuaikan dengan karakter Ria yang down to earth karena peduli dengan lingkungan. Memadukan warna hangat dan warna dingin, di mana warna hangat berasal dari warna alam yang digunakan sedangkan warna dingin payet yang berwarna kebiru-biruan. Oleh karena itu, Carol membuat pencampuran warna hangat dan warna dingin juga sebagai eyeshadow.

Restu Anggraeni merancang busana muslim bertema Interdecadal. Mengedepankan siluet-siluet khas era 40-an dan 60-an sebagai wujud spirit dari feminisme (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

3. Restu Anggraeni

Koleksi busana muslim rancangan Restu Anggraeni di Dubai Modest Fashion Week 2017 bertemakan Interdecadal yang merupakan hasil eksplorasi tren fashion lintas dekade. Interdecadal dirancang dengan mengedepankan siluet-siluet khas era 40-an dan 60-an. Restu membuat cutting pada pinggang yang membuat busana terlihat body fit, mencirikan wanita pekerja yang simple namun tetap stand out. Restu sendiri berfokus pada baju kerja karena di Timur Tengah sendiri sedang ada tren di mana wanita bisa bekerja sehingga ini menjadi momen yang baik untuk brand Indonesia masuk ke pasar Dubai.

Hadir pula power suit yang merupakan adaptasi dari tren 40-an yang melambangkan semangat feminisme. Motifnya lebih kepada classic look sehingga bisa dimasukkan unsur maskulin yang mewakili karakter wanita pekerja. Restu menggunakan bahan maskulin seperti wool twill dan twill blend dengan motif dan palet bernuasa genderless. Restu juga memadukannya dengan bahan organdi yang terkesan feminim, membuat busana dengan bermaterial dan berpotongan klasik tampak lebih atraktif.

Makeup looknya sendiri disesuaikan dengan wanita yang aktif. Melihat cutting pada busana Restu yang body fit sehingga Carol lebih berfokus pada bagian bibir. Di mana Carol menggunakan warna magenta untuk menampilkan kesan yang simple namun tetap stand out.

Naora Hauri merancang busana muslim bertemakan Amarna untuk musim panas dan musim semi 2018. Busana ini terinspirasi dari Nefertiti, ratu Mesir paling populer di dunia (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

4. Norma Hauri

Norma Hauri mengambil tema Amarna dalam koleksi busananya di Dubai Modest Fashion Week 2017. Koleksi busana muslim ini merupakan koleksi Norma Hauri untuk musim panas dan musim semi 2018. Ia terinspirasi dari sosok Nefetiti yang merupakan ratu Mesir paling terkenal di dunia. Nefetiti dikenal dengan pesona kecantikannya dan merupakan istri Firaun yang sangat suportif dan penuh kasih sayang.

Koleksi Amarna menampilkan gaya dan cutting klasik yang mencirikan seorang Norma Hauri. Desainnya yang terstruktur dan edgy, menampilkan unsur kebangsaan dan piramid. Shade pada busana Norma sendiri terinspirasi dari rancangan Christian Dior. Terdapat payet berbentuk kumbang di beberapa bagian yang memang terinspirasi yang kumbang Mesir. Koleksi ini juga menggunakan penutup kepala dengan motif kulit ular yang melambangkan kekuasaan pada zaman mesir kuno. Head scarf ini terinspirasi mahkota ratu Mesir seperti Nefetiti dan Cleopatra yang menandakan bahwa ia anggota kerajaan.

Koleksi Amarna akan dipadukan dengan Black Look. Di mana black look ini akan menggambarkan perempuan yang memiliki kekuasaan tanpa makeup full. Karena memang fokus dari black look ini adaah penggunaan block eyeliner sehingga memperlihatkan sosok wanita yang powerfull.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tour de Linggarjati 2017 Diikuti Ratusan Pebalap Internasional

Posted: 01 Dec 2017 08:54 PM PST

Ajang balap sepeda yang juga bertujuan mengangkat potensi pariwisata Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Tour de Linggarjati (TdL) 2017 resmi dibuka. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, membuka kegiatan yang diikuti 250 pebalap yang tergabung dalam 43 tim dari lima negara ini.

Ahmad membuka kegiatan internasional tersebut di titik start di Lapangan Sepak Bola Desa Pancalang, Kuningan, Jawa Barat, Jumat (1/12/2017). Ajang yang mengsung tema "Lintasi Alam, Kenali Budaya, Cintai Sejarah" ini akan berlangsung hingga Minggu (3/12/2017).

Pada hari pertama, para pebalap turun di nomor individual time trial dalam tiga kategori, yaitu men/women youth (pemula), junior, dan elite (profesional). Mereka beradu untuk menjadi yang tercepat dalam melahap rute sepanjang 9,9 kilometer menuju lapangan parkir Gedung Perundingan Linggarjati, Kuningan, sebagai titik finish.

Ahmad dalam sambutannya mengatakan, Tour de Linggarjati merupakan salah satu event kebanggaan masyarakat Jawa Barat, khususnya Kabupaten Kuningan. Menurutnya, kegiatan harus terus dilaksanakan setiap tahunnya agar dapat semakin meningkatkan potensi yang ada di Kabupaten Kuningan, khususnya pariwisata.

"Ini adalah event kebanggaan warga Jawa Barat. Saya dari pihak Pemda Jawa Barat dukung penuh Tour de Linggarjati sebagai agenda lomba balapan sepeda bertaraf Internasional di Kuningan," ujar Ahmad.

Ia mengatakan, penyelenggaraan event tersebut selain dapat meningkatkan kesadaran berolahraga di masyarakat, juga membuat masyarakat semakin terbiasa dengan kehadiran orang lain dari luar, khususnya wisatawan.

Di tempat yang sama, Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengatakan bahwa Tour de Linggarjati merupakan ajang promosi pariwisata dan olahraga. Ajang ini pun bisa menumbuhkan bibit-bibit baru atlet sepeda di Indonesia.

"Saya harap event ini mampu menjadi tempat promosi pariwisata Kabupaten Kuningan dan semoga menjadi kebaikan untuk menularkan rasa cinta dan bangga bersepeda. Tentu ajang ini bisa melahirkan bibit-bibit atlet pesepada berbakat dan berprestasi," kata Acep.

Ia mengatakan, penyelenggaraan event sport tourism berskala internasional adalah sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan di kancah nasional dan internasional.

"Juga memacu pembangunan infrastruktur daerah, membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi, sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan pariwisata," ujar Acep.

Pariwisata sendiri, mbuhnya, telah ditetapkan sebagai salah satu sektor unggulan. Tak ayal, ke depannya akan banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dapat mengangkat pariwisata Kabupaten Kuningan.

"Kami memiliki 14 objek wisata yang sudah tertata dan puluhan lainnya yang mempunyai potensi pengembangan. Delapan event budaya tahunan, empat situs sejarah, dan didukung oleh sarana akomodasi 37 hotel dan penginapan," ucap Acep.

Lanjutnya, akses ke Kuningan saat ini sangat mudah setelah dibukanyanya Tol Cikapali. Perjalanan Jakarta-Kuningan hanya memakan waktu 3,5 jam.

Selain itu, untuk akses juga ada Tol Cisumdawu dan segera dibuka Bandara Internasional Kertajati yang akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

"Melalui event ini, kami berharap ini sebagai bagian dari investasi, serta mengenalkan pariwisata Kuningan secara bertahap. Diharapkan dengan kesuksesan pelaksanaan Tour De Linggarjati juga menarik event-event internasional lainnya untuk dilaksanakan di Kabupaten Kuningan," kata Acep.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, mengatakan bahwa sport tourism merupakan bagian penting dalam mengembangkan potensi-potensi pariwisata dan kebudayaan yang ada di Jawa Barat.

"Sport tourism merupakan bagian penting dalam mengembangkan pariwisata di Kuningan. Salah satunya adalah melalui aspek media value, yang berguna untuk mempromosikan potensi-potensi pariwisata di Kuningan," ujar Esthy, didampingi Plt Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata, Hariyanto.

Penyelenggaraan event wisata olahraga TdL 2017 juga merupakan salah satu upaya efektif untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Selama berlangsung TdL 2017, ditargetkan sebanyak 500 wisatawan nusantara dan 150 wisatawan mancanegara akan berkunjung dengan total pengeluaran lebih dari Rp 2 miliar yang langsung dibelanjakan di tingkat masyarakat," ucap Esthy.

Urusan pariwisata, Kabupaten Kuningan memang memiliki banyak potensi, mulai dari wisata sejarah seperti Gedung Pertemuan Linggarjati hingga wisata alam seperti Taman Nasional Gunung Ciremai dan deretan air terjun cantik.

Kabupaten Kuningan juga dikenal dengan kelezatan kuliner khasnya, seperti tapai ketan dan jeniper. Barang-barang kerajinannya pun terkenal sangat indah.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, sangat mengapresiasi penyelenggaran Tour de Linggarjati 2017. Menurutnya, dengan alam yang indah, kekuatan wisata sejarah, dan budaya yang tinggi, Kabupaten Kuningan akan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

Untuk itu, Arief mendorong untuk terus digelar beragam event yang dapat mendongkrak pariwisata Kabupaten Kuningan.

"Kuningan beruntung memiliki keindahan alam yang indah itu bisa dijadikan suatu event internasional. Itu adalah promosi yang harus ditangani dengan baik," kata dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korlantas Polri Pamer Layanan Online di Mal Jakarta

Posted: 01 Dec 2017 08:41 PM PST

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan sejumlah inovasi dalam memberikan pelayanan masyarakat. Terobosan digitalisasi dan modernisasi pelayanan tersebut, dipamerkan di sejumlah mal di Jakarta dan sekitarnya.

Pameran modernisasi pelayanan seperti SIM Online, e-Tilang, dan e-Samsat ini digelar selama 11 hari, yakni sejak 30 November hingga 10 Desember 2017. Pada pameran ini, pengunjung bisa langsung menguji pelayanan tersebut.

Beberapa pusat perbelanjaan yang menjadi lokasi pameran, antara lain Cilandak Town Square, Atrium Senen, Mall Taman Anggrek, Mall Cijantung, Pluit Village, Mall Alam Sutera, Margo City, dan Metropolitan Mall.

"Pameran ini bertujuan untuk menyampaikan ke masyarakat inovasi terbaru dari Polisi Lalu Lintas dalam bidang pelayanan, untuk mempermudah masyarakat dengan menggunakan teknologi digital," ujar Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/12/2017).

Melalui layanan SIM Online, masyarakat kini bisa memperpanjang surat izin mengemudinya secara online tanpa harus pulang ke daerah asalnya.

Sementara layanan e-Tilang dibuat untuk memudahkan pembayaran denda pelanggaran lalu lintas. Masyarakat bisa memanfaatkan teknologi android dan jaringan host to host real time online.

"Pelanggar bisa langsung membayar denda melalui transfer bank to bank," kata Kakorlantas Polri.

Sedangkan layanan e-Samsat dibuat untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi kendaraan bermotor. Mereka bisa membayar pajak kendaraan bermotor dengan cepat dan praktis melalui mesin ATM.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sail Sabang 2017 Membawa Banyak Berkah Bagi Para Pelaku Usaha

Posted: 01 Dec 2017 08:40 PM PST

Even sail terbesar di Indonesia, Sail Sabang 2017, benar-benar membawa banyak berkah bagi Aceh. Berbagai lini usaha kebagian rezeki dari even yang bakal dikoneksikan dengan even sail di Phuket dan Langkawi ini.

"Alhamdulillah Sail Sabang bawa banyak berkah. Kopinya makin terkenal, makin laku. Begitu juga jasa penyewaan mobil dan penginapan. Semuanya laris," ujar Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, Jumat (1/12/2017).

Saat Sail Sabang 2017, kedai-kedai kopi di Sabang dan sekitarnya semakin laku keras. Semua orang, baik tua, muda, laki-laki dan perempuan, wisatawan mancanegara (wisman), maupun wisatawan nusantara (wisnus), seakan kompak menyeruput kopi Aceh.

Tengok saja kawasan Tugu Garuda yang merupakan jantung Kota Sabang. Kedai-kedai kopi di sana selalu penuh dari pagi hingga dini hari.

Kualitas kopi Aceh memang jangan diragukan lagi. Aceh adalah salah satu daerah produsen kopi kelas dunia. Sejak era kolonial Belanda hingga sekarang, Aceh punya dua daerah sentra produksi kopi yang keren, yaitu Ulee Kareng dan Gayo.

Kopi Ulee Kareng yang termasuk jenis kopi Robusta dihasilkan dari Kecamatan Ulee Kareng, sedangkan kopi Gayo termasuk jenis Kopi Arabika. Di pasar dunia, kopi Gayo bahkan sudah masuk kelas kopi premium. Kedua jenis kopi inilah yang mengharumkan nama Aceh sebagai salah satu produsen kopi terbaik di Tanah Air dan merajai 40 persen pasar dalam negeri.

Kopi Ulee Kareng sendiri lebih gampang dijumpai. Hampir semua kedai kopi di Banda Aceh menyuguhkan kopi produksi daerah ini. Proses pengolahan bubuk kopinya sangat unik. Bubuk kopi tidak sekedar diseduh dengan air panas, tetapi kopinya ikut dimasak. Alhasil, aroma dan cita rasa kopi yang keluar benar-benar kuat. Kopi yang telah dimasak ini kemudian mengalami beberapa kali proses penyaringan menggunakan saringan berbentuk kerucut.

Kopi andalan lainnya adalah kopi hitam Aceh. Biasanya disajikan dalam gelas kaca. Tidak manis, tetapi tetap ramah di lambung. Selain kopi hitam, di sana juga ada teh tarik dan kopi susu.

Bukan hanya kopi, makanan juga laku keras. Mie Aceh, nasi kari, sate gurita, sayur pliek U (semacam gulai), kue Karra, dan kue-kue basah, semuanya ikut diburu wisatawan. 

"Sudah kebiasaan orang kalau datang ke sebuah daerah mereka ingin tahu makanan khas daerah tersebut. Dengan adanya Sail Sabang 2017 ini, kita tak hanya mengenalkan kuliner khas Sabang khususnya, dan Aceh, tetapi juga memberi manfaat bagi usaha masyarakat di sini. Tentu ini rezeki buat mereka," ucap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti.

Menurutnya, pelaku usaha kuliner, travel, dan usaha lainnya harus benar-benar pandai memanfaatkan momen ini.

"Ini kesempatan buat mengembangkan usaha mereka. Peran Dinas Pariwisata Sabang juga dibutuhkan. Usai event ini mereka harus bisa melanjutkan gairah wisata yang sudah menggeliat ini, sehingga apa yang dilakukan saat ini dengan dukungan pemerintah pusat bisa benar-benar terasa manfaatnya," kata Esthy.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya, Wawan Gunawan, mengatakan bahwa kuliner yang merupakan bagian dari budaya daerah memang melekat dengan pariwisata.

"Setiap wilayah punya kekhasan sendiri, termasuk kulinernya. Rasanya belum lengkap jika datang ke sebuah daerah tanpa menikmati kuliner khas daerah tersebut," ujarnya.

Para pelaku usaha pun mengaku senang dengan bertambah ramainya usaha mereka.

"Senang kita. Tamu ramai dan penghasilan juga ramai. Tak pernah sepi kedai ini bang," ucap Hasan, penjaga kedai de Sagoe Kuphie.

Hal senada juga disampaikan Dian, driver travel. Sudah dua hari ini dia disewa untuk mengantarkan tamu di kota kelahirannya.

"Kita bawa tamu dari Jakarta. Mereka mau lihat Sail Sabang. Alhamdulillah ramai order dengan adanya Sail Sabang ini," kata bapak satu anak ini.

Sail Sabang yang digaungkan Kementerian Pariwisata itu juga sukses membuat Pulau Weh menggeliat. Keindahan alam Pulau Weh dan berbagai acara yang disuguhkan, membuat wisatawan yang datang tak ragu melayangkan dua jempol.

"Kemarin keluarga sudah lihat itu kapal Dewa Ruci merapat di Pelabuhan CT-3. Anak saya yang usianya 6 tahun suka sekali. Apalagi ada atraksi drum band dari TNI," ujar Badrun, wisatawan yang menginap di homestay di kawasan Jalan Senopati, Sabang.

Beragam fakta tadi membuat Menpar Arief Yahya semakin bersemangat. Pesannya hanya satu, ia ingin Sail Sabang 2017 tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga sukses dalam tindak lanjutnya.

Karena itu, dia akan terus mendorong agar bisnis wisata bahari di sana sukses dan bisnisnya bisa sustain. Levelnya pun akan terus didorong naik kelas seiring dengan dibuatnya poros Sabang, Phuket, Langkawi.

"Sabang harus menjadi international hub. Harus memiliki event rutin dari Segitiga Sabang-Phuket-Langkawi (Saphula). Ini akan memberi keuntungan ke banyak pihak. Masyarakat juga bisa merasakan dampak langsungnya karena spending satu yacht itu bisa mencapai Rp 1 miliar," ucap Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: