Sabtu, 23 Desember 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kapten Real Madrid: Fans Barcelona Ingin Polisi Tangkap Saya

Posted: 23 Dec 2017 09:20 PM PST

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos bicara soal permainan kerasnya kepada striker Barcelona, Luis Suarez di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017) malam WIB. Dalam laga El Clasico itu, Real Madrid kalah 0-3.

Ramos mendapat kartu kunig usai mengayunkan lengannya ke wajah Suarez. Insiden itu terjadi pada menit ke-59, usai Suarez mencetak gol pertama Barcelona.

"Di Barcelona, meraka pasti mengatakan saya harus di penjara dan dibawa Puigdemont (polisi Catalan)," ujar bek berusia 30 tahun tersebut sepert dilansir Marca.

Dalam laga El Clasico, Ramos tercatat melepaskan tiga tekel keras ke pemain Barcelona, dua di antaranya berhasil menghentikan permainan lawan.

Sayangnya, performa Ramos di lini pertahanan Real Madrid terbilang buruk. Dia hanya mencatatkan satu clearance dan satu intersep untuk mematikan pergerakan Lionel Messi dan kawan-kawan.

 

 

Kekalahan di laga El Clasico membuat peluang Real Madrid mempertahankan gelar Liga Spanyol semakin berat. Pasalnya, Los Blancos tertinggal 14 poin dari Barcelona yang semakin kokoh di puncak klasemen dengan 45 poin.

Eks bek Sevilla itu mengakui, Real Madrid kehilangan akal untuk menghadapi Barcelona di babak kedua. Los Blaugrana semakin menggila usai Real Madrid bermain dengan 10 pemain setelah Dani Carvajal diganjar kartu merah.

"Tentu kami frustrasi karena hasilnya (mengecewakan). Terlebih lagi kami sudah tertinggal 14 poin," ujar Ramos.

"Namun, bukan tidak mungkin kami masih bisa memenangkan La Liga. Kami hanya mempunyai kewajiban berjuang hingga akhir," katanya.

Ramos melanjutkan, Real Madrid tidak mengalami kegagalan di 2017, meski tidak memenangkan El Clasico. Los Blancos memenangkan lima gelar pada tahun ini, yakni La Liga, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

"Tidak memenangkan El Clasico bukan sebuah kegagalan. Siapa pun berpikir kami tidak gagal di tahun 2017. Coba lihat saja statistiknya," kata Ramos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Muda, Vicky Shu Ngidam Terbang ke Jepang

Posted: 23 Dec 2017 09:20 PM PST

Vicky Shu kini tengah merasakan kebahagiaan yang tak terkira. Setelah dua bulan menikah dengan Ade Imam, artis asal Cilacap itu berbadan dua. Hal tersebut pertama kali diungkapkan oleh sang ibu, Faiza Algufri.

Kabar bahagia dari artis Vicky Shu. Tepat Sabtu (23/9) artis peran dan penyanyi, resmi menjadi istri Ade Imam. Acara digelar di pelataran Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah. Tidak banyak tamu yang di undang. (Instagram/aldiphotoofficial)

Melalui Instagram Story pribadinya, Sabtu (23/12/2017). Vicky Shu secara tersirat membenarkan kabar bahagia tersebut. Dalam sebuah tulisan, penyanyi dan  pengusaha sepatu tersebut mengungkap keinginannya yang menggebu alias ngidam.

Bukan makanan unik atau bertemu dengan orang terkenal, Vicky Shu ternyata sangat ingin bertolak ke Jepang. Tampaknya, negeri Sakura memang menempati tempat khusus di hati sang artis. Seperti yang diketahui, Jepang merupakan lokasi pertemuan dirinya dan sang suami.

Namun sayang, permintaan itu ditentang orang-orang terdekatnya. Bukan tanpa alasan, usia kandungan Vicky Shu masih sangat muda untuk diajak berpergian jarak jauh, terutama menggunakan pesawat terbang.

 

 

 

 

[Foto: Instagram Vicky Shu]

"Oke Galau. Ngidam ke Jepang Pengen berangkat malam ini. Tapi kata mamake, nat, lala, dan suami, jangan terbang jauh-jauh dulu. Karena saya penurut jadi galau. Jadi opsi nya ke Bali," begitu tulisan Vicky Shu dalam Instagram Story tersebut.

Pelantun "Mari Bercinta 2" itu bahkan membuat voting kecil-kecilan untuk membantunya membuat keputusan. Tak lupa, Vicky Shu juga membubuhkan tanda pagar #tukangpiknik untuk menggambarkan sikapnya.

Vicky Shu ngidam terbang ke Jepang. [foto: instagram/vickyshu]

Vicky Shu| foto: instagram Vicky Shu

Kekhawatiran orang-orang terdekat Vicky Shu ternyata terbukti benar. Setelah membuat voting kecil-kecilan, sang artis mengunggah rekaman percakapan dirinya dengan beberapa orang yang menentang keingannya itu.

Contohnya saja sang suami, Ade Imam yang justru menjawab, "Dirumah aja enak joo." Sang adik, Kalia Labitta pun menjawab serupa tak sama. Bukannya memilih Jepang atau Bali, ia malah menyarankan sang kakak untuk berkunjung ke Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boston Tertarik Jadi Tuan Rumah Laga All Star NBA

Posted: 23 Dec 2017 09:10 PM PST

Pecinta bola basket Boston sudah lama tidak menyaksikan aksi pemain-pemain terbaik NBA. Untuk memuaskan dahaga, petinggi Boston Celtics berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah laga All Star.

Dengan penyelenggara pertandingan All Star NBA sudah terpilih hingga 2021, Celtics paling cepat melakukannya pada edisi lima tahun mendatang.

"Kami siap mengajukan aplikasi dan menunggu keputusan," kata pemegang saham mayoritas Celtics, Wyc Grousbeck, dilansir Boston Globe.

Terakhir kali Boston melangsungkan partai All Star pada 1964. Ketika itu Oscar Robertson terpilih sebagai MVP sebagai wakil Cincinnati Royals.

Pertama kali digelar pada 1951, laga All Star pertama berlangsung di Boston Garden. Setelah itu, Boston kembali menggelar duel All Star NBA pada 1952, 1957, dan 1964.

Laga All Star NBA 2017 berlangsung di New Orleans. (AP Photo/Gerald Herbert)

2018 Los Angeles

2019 Charlotte

2020 Chicago

2021 Indianapolis

5 New York

4 Los Angeles, Boston, Philadelphia

3 New Orleans, Chicago, Houston, Phoenix, St Louis

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Punya Pohon Natal? Intip 5 Ide Hiasan Kreatif Sambut Natal

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

Kehadiran pohon Natal di sudut-sudut rumah memang membuat suasana Natal makin terasa. Namun, bila belum punya atau sudah bosan dengan pohon Natal yang ada pun tidak masalah. Cukup dengan sedikit kreativitas, bisa tercipta pohon Natal ala Anda sendiri.

Masih ada waktu kok untuk mendekorasi dengan pohon Natal ala Anda. Berikut beberapa ide kreatif dekorasi mengutip laman Buzzfeed dan berbagai sumber lain pada Minggu (24/12/2017).

1. Gabungan kertas warna-warni

Model Nadya Hutagalung belum lama ini menggungah pohon Natal ala keluarganya di @nadyahutagalung. Mantan VJ MTV inii membuat pohon Natal yang nampaknya seperti kertas atau seloitp warna-warni. Hasilnya sungguh menarik dan sedap dipandang.

 

 

 

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

 

Pohon Natal unik dari tangga. (Foto: Buzzfeed - nedesignbuild.com)

2. Ubah tangga lipat menjadi pohon Natal

Yang diperlukan hanya tangga lipat dan hiasan Natal seperti lampu warna -warni dan pita. Posisikan tangga lipat sehingga bentuknya segitiga, lalu hias dengan dekorasi Natal.

 

3. Ranting pohon

Mengumpulkan ranting pohon,lalu meletakkannya menjadi satu dalam pot. Lalu hias dengan pernak-pernik Natal juga ide tak kalah seru. Seperti milik Paola Vasconez yang diunggahnya di Instagram dengan akun @paopepita1.

 

 

#notchristmastree #christmas2017

A post shared by Paola Vasconez (@paopepita1) on

 

Berdayakan selotip warna-warni | via: objectsanduse.com

4. Selotip

Punya selotip? Jika iya, manfaatkan untuk mewujudkan pohon Natal ala Anda. Selotip dibentuk seperti pohon Natal. Lalu, di bagian tengah dihiasi dengan lampu warna-warni.

5. Buku

Menumpuk buku lalu dibentuk segitiga seperti pohon Natal bakal menjadi kreasi unik. Apalagi ditambah dekorasi bintang di pucuknya.

 Pohon Natal unik dari tangga. (Foto: Buzzfeed - nedesignbuild.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Payung hingga Pistol Lipstik, Ini 7 Teknologi Unik Militer Rusia

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

Ketika Perang Dunia II selesai, lahirlah dua negara Super Power, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Namun, karena satu dan lain hal, Uni Soviet akhirnya terpecah dan lahirlah negara Rusia.

Menjadi negara besar di bidang militer memang menuntut Rusia untuk menciptakan senjata-senjata mematikan yang membuat negaranya tetap ditakuti. Akan tetapi, nyatanya Rusia bukan hanya membuat senjata yang mengerikan, tapi mereka juga pernah membuat teknologi unik bagi militer Rusia.

Seperti apa sih teknologi unik militer Rusia yang pernah diciptakan oleh negara Super Power ini? Berikut ulasannya.

1. Kapal Laut Terbang

Secara bentuk, mungkin kendaaran milik militer Uni Soviet ini memang terlihat seperti pesawat. Tapi ternyata, kapal yang punya nama Orlyonok ini ternyata bisa lepas landas dan mendarat di air. Kerennya, kapal ini dapat melaju sampai kecepatan 331 mph dengan tinggi hanyak beberapa meter dari permukaan air.

Karena keunggulannya itu, pesawat ini jadi sulit untuk dideteksi oleh torpedo musuh. Orlynok sendiri memang menjadi teknologi unik militer Rusia yang dapat mengangkut 200 orang dan 2 tank, terutama karena kapal ini memang digunakan untuk membantu pendaratan pasukan militer Uni Soviet.

Payung Beracun

Senjata ini memang terlihat seperti senjata yang ada di film-film anime dan juga film mata-mata. Namun, Rusia memang betul-betul membuat senjata ini dan diperuntukkan untuk serangan mata-mata.

Cara kerjanya, senjata yang mempunya kode rahasia 'Payung Bulgaria' ini dapat menyemburkan racun dari ujungnya. Pengguna hanya perlu menusukkan payung tersebut ke korban dan menembakkan racun ke korban. Dalam beberapa menit korban langsung mati seketika.

Pistol Lipstik

Ketika perang dingin antara Uni Soviet dan AS, senjata mata-mata memang makin gencar dikembangkan. Yang paling mencuri perhatian adalah senjata berbentuk lipstik milik Uni Soviet yang dibuat untuk para mata-mata wanita salah satu negara Super Power tersebut.

Dengan sebutan 'Kiss of Death', pistol listrik berbentuk lipstik ini dibuat dari bahan metal dan dapat membawa peluru berukuran 4.5 milimeter. Para analis memperkirakan bahwa teknologi unik militer Rusia ini memang standar operasi yang harus dimiliki mata-mata wanita dari Rusia.

Pesawat Sepatu

Ketika perang dingin, perseturuan antara Uni Soviet dan AS memang tidak secara gamblang terlihat. Misalnya saja, Rusia sengaja membuat sebuah pesawat bernama MiG-105 yang berguna untuk memblokade pasukan AS dan NATO untuk memasuki atmosfer.

Lucunya, pesawat ini sendiri mempunyai bentuk yang unik, yaitu moncongnya mirip sepatu. Bahkan militer Rusia pun menjuluki kapal ini dengan nama Lapot alias bahasa slang-nya Rusia yang artinya sepatu. Sayangnya, pesawat ini batal diproduksi massal karena biaya produksinya yang sangat tinggi.

Senjata Kapal yang Mirip Manusia

Pernah nonton film Real Steal? Coba lihat senjata militer Rusia yang satu ini, mirip dengan robot bernama Atom dari film Real Steal? Namun, bukan robot untuk bertarung di atas ring tinju, senjata militer Rusia ini adalah sebuah meriam yang siap menembakkan rudal anti-pesawat.

Kepala meriam bernama Palma sendiri merupakan sistem elektronik otik kendali otomatis dengan mulut dan matanya merupakan saluran video dan inframerah. Meriam Palma dapat ditemukan di fregrat Rusia, Laksamana Gorshkov.

Pesawat Sayap Terbalik

Mungkin sepintas kamu akan melihat SU-47 sebagai pesawat tempur pada umumnya. Namun, coba perhatikan lebih detail, ternyata SU-47 mempunyai sayap yang terlihat 'terbalik'. Ternyata ada maksud dibalik sayapnya yang janggal tersebut.

Dengan sayapnya yang seperti itu, SU-47 daoat berakselerasi dengan cepat dan pilot pun tidak akan merasa khawatir pesawatnya akan jatuh ketika lepas landas dengan posisi horizontal di kapal induk.

Pesawat ini juga dapat bermanuver dalam kecepatan rendah dan bisa melakukan Pugachev Cobra, yaitu teknik mundur tanpa kehilangan kendali. Sayangnya pesawat ini hanya sebuah eksperimen dan hanya mempunyai satu sampel saja.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/teknologi-unik-militer-rusia/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kedai Kopi Menoreh Kulonprogo yang Jadi Incaran Wisatawan

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

Budaya minum kopi di Indonesia khususnya Yogya memang sedang tren. Termasuk ngopi di daerah tinggi pun dilakoni generasi muda.

Salah satu warung yang menjadi incaran adalah Kedai Menoreh Pak Rohmat di Madigondo, Sariharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Kedai yang sudah buka sejak Agustus 2014 ini menyajikan kopi arabika maupun robusta yang diproduksi dari lahan sendiri.

Menurut sang pemilik, Rohmat, kepopuleran kedainya berawal dari promosi seorang teman asal Kotagede. Ia menceritakan betapa nikmatnya ngopi dengan suasana berbeda di Kedai Menoreh Pak Rohmat.

"Yang punya Omah Duwur Kotagede minum kopi di luar gini, terus dapat angin sejuk ditambah pemandangan perbuktian yang dibagikan ke temannya," ujar Pak Rohmat.

Tidak hanya kalangan anak muda yang berburu pengalaman ngopi dengan pengalama, beberapa tokoh anggota DPR RI dan pejabat negara juga sempat ke kedainya. "Anggota dewan, Bupati Tulungangung pernah yang belum malah bupati Kulonprogo sendiri," katanya.

 

Wisatawan mancanegara di Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat (Liputan6.com/Yanuar H)

Berbagai Jenis Kopi yang Digemari

Dari berbagai sajian kopi, Pak Rohmat memberikan rekomendasi yang paling banyak dipesan. Seperti Kopi Lanang yang kabarnya bisa menambah stamina dan mengurangi migrain. "Ada juga Kopi Ijo yang bisa untuk obat asam urat, diet dan kolesterol," ujarnya.

Selain itu, Kedai Menoreh Pak Rohmat juga menyediakan kopi luwak yang terkenal mahal. Bedanya, kopi luwak Pak Rohmat berasal dari luwak liar yang memakan kopi dikebunnya. "Kopi itu kita kumpulkan sedikit demi sedikit , dia (luwak) yang milih kopi yang enak jadi bukan luwak yang dikurung ini liar. Rasanya beda," ujarnya.

Selain keistimewaan berbagai jenis kopi, daya tarik lainnya adalah dekat dengan air terjun terkenal bernama Air Terjun Putri Menangis. Suara Air terjun dan pemandangan menjadi modal utama kenikmatan ngopi di sini.

Kedai Menoreh Pak Rohmat juga strategis karena dekat dengan puncak Suroloyo yang menjadi destinasi wisatawan saat mengejar sunrise. "Nah, biasanya setelah lihat sunrise, bule-bule breakfast di sini. Terus habis dari air terjun dan mandi, juga ke sini. Jadi kedainya ramai dari jam 8 pagi sampai 10 malam," jelasnya.

Air Terjun Putri Menangis di dekat Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat (Liputan6.com/Yanuar H)

Salah satu pengunjung dari kasihan, Bantul Febri Anugrah mengatakan baru kali pertama menikmati kopi di Kedai Menoreh Pak Rohmat. Febri yang merupakan penggemar kopi memuji kopi robusta yang dipesannya.

"Recommended banget, apalagi tempatnya juga nyaman dan pas buat santai. Suasananya enggak terlalu ramai," ujarnya. 

Selain kopi, Anda juga bisa menemui berbagai menu makanan berat. Mulai dari ikan pindang, ayam kampung, ayam ingkung, dan nasi goreng. Harga makanan juga terjangkau bagi mahasiswa dan pelajar mulai dari 5 ribu hingga 150 ribu.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mi Max 3 Bakal Punya Kamera Ganda dan Layar 7 Inci?

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

Smartphone Xiaomi dengan layar luas, Mi Max, yang dirilis pertama kali pada 2016 menjadi salah satu produk Xiaomi yang terpopuler, terutama di kalangan pecinta multimedia.

Awal 2017, perusahaan juga merilis suksesor Mi Max yang bernama Mi Max 2 dengan sejumlah peningkatan pada spesifikasinya. Berdasarkan laporan terbaru, Xiaomi disebut-sebut tengah mengembangkan Mi Max 3.

Mengutip Gizmochina, Minggu (24/12/2017), Xiaomi Mi Max 3 akan hadir dengan sejumlah pembaruan guna membuat perangkat ini mengikuti tren terbaru.

Dibandingkan dengan Mi Max 2, Mi Max 3 akan hadir dengan layar lebih besar, sekitar 7 inci. Biasanya, layar 7 inci masuk dalam ketegori tablet. Layar besar ini kabarnya mengusung resolusi 2.160 x 1.080 piksel dengan aspek rasio 18:9.

Menariknya meski diduga akan hadir dengan layar besar, sebuah bocoran foto smartphone diduga Mi Max 3 hadir dengan desain bezelles.

Di atas layar smartphone ini terdapat sebuah kamera selfie. Sementara di layar terdapat tombol kapasitif untuk opsi Recent, Home, dan Back.

Uniknya, pada bodi belakang bocoran perangkat yang dipercaya Mi Max 3, terdapat kamera ganda yang terletak di pojok kanan atas lengkap dengan LED flash-nya.

Kamera utama smartphone ini kemungkinan berfungsi sebagai lensa wide-angle dan telephoto dengan resolusi besar. Masih di bodi belakang, disematkan juga panel sidik jari.

Bicara spesifikasi, perangkat yang diduga Mi Max 3 ini hadir dengan chipset Snapdragon 660 dan baterai 5.500mAh yang didukung teknologi pengisian daya cepat 3.0.

Saat ini belum dipastikan Mi Max 3 akan menjalankan OS Android versi mana, tetapi kemungkinan phablet ini menjalankan Android Nougat yang dikustom pada antarmuka MIUI 9.

Sayangnya, belum ada informasi kapasitas RAM dan memori internal Mi Max 3. Tak diketahui juga tanggal perilisan smartphone dengan layar besar ini.

Namun berdasarkan perilisan seri Mi Max tahun-tahun sebelumnya, Mi Max 3 kemungkinan diperkenalkan pertengahan 2018.

Mi Max 2 hadir dengan baterai 5.300mAh dan dibanderol mulai Rp 3,2 jutaan (Sumber: Gizmochina)

Sebelumnya, Xiaomi merilis Mi Max 2 yang memiliki layar Full HD cukup luas, yakni 6,44 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Kinerja Mi Max 2 ditenagai chipset Snapdragon 625 yang dipadukan RAM 4GB dan baterai 5.300mAh.

Kinerja Mi Max 2 ditenagai chipset Snapdragon 625 yang dipadukan RAM 4GB dan baterai 5.300mAh dengan dukungan pengisian daya melalui USB tipe C.

Baterai besar Mi Max 2 juga dibekali fitur pengisian daya cepat Quick Charge 3.0 yang diklaim bisa mencapai 68 persen baterai setelah diisi daya selama satu jam.

Menyoal kemampuan fotografi, Mi Max 2 dibekali kamera utama 12MP dan kamera depan 5MP. Smartphone ini menjalankan OS Android Nougat 7.1.1 dan MIUI 9.

Di Tiongkok, ponsel ini dibanderol seharga 1.699 Yuan atau setara Rp 3,2 jutaan untuk varian RAM 4GB dan memori internal 64GB. Sementara untuk varian RAM 4GB dan memori internal 128GB Mi Max 2 dibanderol 1.999 Yuan atau Rp 3,8 jutaan.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Agung Erupsi Lagi, Abu Membubung Setinggi 2,5 Km

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

Gunung Agung kembali menunjukkan aktivitasnya. Pagi tadi, gunung setinggi 3.031 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu kembali erupsi. Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana membenarkan geliat aktivitas vulkanik Gunung Agung.

"Erupsi terjadi pada pukul 10.05 Wita," kata Devy, saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (24/12/2017).

Erupsi Gunung Agung menyemburkan abu vulkanik. Devy menyebut ketinggian kolam abu mencapai 2.500 meter.

Meski kolam abu vulkanik cukup tinggi, Devy menyebut tak menganggu penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. "Ketinggian kolam abu setinggi 2.500 meter. Angin mengarah ke timur laut. Bandara Ngurah Rai yang berada di barat daya masih aman," ujar Devy.

Dalam laporan Magma VAR Indonesia yang disusun tiap enam jam sekali, disebutkan beberapa aspek kegempaan masih teramati di dalam perut Gunung Agung. Gempa letusan sebanyak satu kali dan gempa vulkanik dalam satu kali. Tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 1-4 milimeter (dominan 1 milimeter).

Ketinggian asap kelabu pekat teramati dengan jelas. Saat diamati cuaca mendung, angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur laut. Suhu udara 24-25 derajat Celsius dan kelembaban udara 77-82 persen.

Kemarin, Gunung Agung juga menunjukkan aktivitasnya. Gunung api itu kembali erupsi pada pukul 11.57 Wita. Ketinggian kolam abu vulkanik mencapai 2.500 meter.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Gunung Agung erupsi lagi. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Sebelumnya, status tanggap darurat Gunung Agung resmi dicabut pemerintah. Alasannya, dengan status tersebut banyak negara mengeluarkan travel banned bagi warganya bepergian ke Bali. Pencabutan status tersebut tak dipermasalahkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kepala Pusat Data dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, tak mempersoalkan pencabutan status tanggap darurat tersebut.

"Toh, ini hanya untuk kepentingan administrasi penggunaan anggaran dan logistik saja. Yang penting pemerintah masih akan terus membantu penanganan pengungsi," kata Sutopo saat dikonfirmasi Liputan6.com, Sabtu, 23 Desember 2017.

Sutopo mengakui jika penggunaan istilah darurat bencana di daerah lain di Indonesia selama ini tidak pernah ada masalah. Namun, karena bencana tersebut terjadi di Bali yang dimaknai lain oleh banyak pihak dengan arti yang lain pula, diksi darurat menjadi sensitif.

"Makanya perlu diganti dengan istilah lain," ujarnya.

Bagi dia, soal status tanggap darurat dalam penanggulangan bencana, keadaan atau status darurat baik itu siaga darurat, tanggap darurat ataupun transisi darurat menuju pemulihan, sesungguhnya hanyalah administrasi belaka.

Administrasi itu diperlukan agar ada kemudahan akses, baik pengerahan SDM, dana, dan logistik saat terjadi bencana erupsi Gunung Agung. Status keadaan darurat yang ditetapkan kepala daerah pada dasarnya hanya syarat administrasi untuk memudahkan penanganan bencana.

"Perlu diskresi agar bencana dapat ditangani dengan cepat dan tepat," kata Sutopo.

 

 

Gunung Agung mengembuskan asap saat matahari terbit (sunrise) terlihat dari Kintamani, Bali, Rabu (13/12). Visual Gunung Agung tampak cerah, asap yang keluar dari kawah gunung itu masih rutin keluar meski tidak secara menerus. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Dengan status tanggap darurat, Sutopo menyebut BNPB memiliki landasan hukum untuk mengeluarkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) ke pemerintah daerah di mana bencana terjadi. Di sisi lain Kementerian Sosial juga dapat mengeluarkan bantuan cadangan beras di gudang dengan status tanggap darurat.

Status tanggap darurat juga sejatinya diperlukan bagi pemerintah daerah untuk menjadi dasar penggunaan dana Belanja Tak Terduga (BTT).

Hanya saja, masalah timbul manakala banyak pihak tak memahami pengertian diksi tanggap darurat. Dalam benak mereka, imbuh Sutopo, status tersebut menandakan sebuah wilayah dalam kondisi krisis, kaos, genting, tidak nyaman, dan bahaya untuk dikunjungi.

Ia mengakui kata darurat dalam beberapa hal digunakan untuk sesuatu yang menyatakan terjadinya situasi kaos.

Sebut saja, darurat sipil atau darurat militer. Tetapi, darurat bencana berbeda pengertian dengan kedua istilah tersebut. "Darurat bencana hanya persoalan administrasi belaka agar tak menjadi temuan dan memudahkan penanganannya secara cepat dan tepat," paparnya.

Sementara bagi negara-negara asing yang jarang terjadi bencana, yang dipikirkan dengan penggunaan kata tanggap darurat sama halnya bermakna terjadinya kondisi genting dan akan dapat membahayakan warganya jika berkunjung ke Bali.

Pemahaman yang salah seolah-olah Bali tidak aman akibat status Awas dan erupsi Gunung Agung itu banyak terjadi di masyarakat luar. "Informasi yang berlebihan dan hoax yang bermunculan menyebabkan beberapa negara mengeluarkan travel warning," tutur Sutopo.

Terbatasnya informasi kondisi yang sebenarnya tentang erupsi Gunung Agung dan dampaknya, khususnya ke masyarakat internasional menyebabkan seolah-olah Bali tidak aman.

"Akhirnya banyak negara mendefinisikan kata darurat bencana dengan pengertian darurat yang mengerikan. Banyak negara lain yang belum paham soal definisi dan arti darurat bencana," ujar dia.

Atas dasar itulah, menurut Sutopo, Presiden Jokowi meminta mencabut status tanggap darurat bencana Gunung Agung.

pengungsi zona merah gunung agung

Meski status tanggap darurat telah dicabut, Sutopo tetap mengimbau masyarakat dalam radius 8-10 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung harus tetap mengungsi.

"Tidak boleh kembali ke rumahnya. Gunung Agung juga masih berbahaya. Patokannya tetap rekomendasi PVMBG," pinta dia.

Di sisi lain, Sutopo menjelaskan jika kerugian ekonomi Bali memang luar biasa akibat bencana erupsi Gunung Agung. "Melebihi siklon Cempaka menerjang Jawa. Sampai saat ini masih ada lima negara menetapkan travel warning ke Bali," tuturnya.

Apa pun yang terjadi, menurut Sutopo, terpenting pengungsi tertangani dengan baik. Hanya memerlukan payung hukum administrasi yang mudah guna mengeluarkan DSP, BTT dan beras.

Makanya, perlu ada diskresi. Ada perlakuan khusus. Tanpa status tanggap darurat pun yang penting tetap dapat menggunakan anggaran atau tetap ada kemudahan akses.

"Apa pun istilah penggantinya nanti akan dituangkan dalam perpres. Sebab diksi darurat ternyata implikasinya luas terhadap Bali," Sutopo memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib di MotoGP Terancam, Bos Tech 3 Desak Yamaha

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

Belum ada kejelasan apakah Yamaha Tech 3 masih akan menjadi peserta di MotoGP 2019. Faktanya, kontrak mereka bersama Yamaha akan berakhir pada musim 2018. Itu mengapa mereka juga tak bisa bergerak soal Johann Zarco.

Ya, kerja sama antara Yamaha dan Tech 3 itu hanya berlangsung hingga MotoGP 2018. Kabar yang beredar saat ini adalah Sky Racing Team VR46, tim milik Valentino Rossi, yang akan menggantikan posisi Tech 3 di musim 2019.

Ketidakjelasan nasib Tech 3 berimbas pada masa depan Zarco di MotoGP 2019, pembalap andalan mereka. Karena belum mendapat kepastian dari Yamaha, mereka belum bisa memperpanjang kontrak pembalap asal Prancis itu yang berakhir pada musim 2018.

Saat ditanya apakah dirinya khawatir soal itu, Poncharal menjawab, "Tidak, tidak, tidak seperti itu. Tetapi, saat ini banyak wartawan yang bertanya apakah saya sudah mengamankan Zarco untuk musim 2019. Saya harus menjawab pertanyaan ini. Sebelum membuat kontrak dengan pembalap, saya harus tahu motor apa yang akan saya berikan untuknya."

Masalahnya, Poncharal menduga Zarco juga akan melayangkan pertanyaan yang sama kepadanya jika memulai pembicaraan mengenai kontrak. Artinya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperjelas kerja sama Tech 3 dengan Yamaha sebagai tim pabrikan.

 

Tampil apik sepanjang musim, Johann Zarco dinobatkan sebagai Rookie of the Year MotoGP 2017. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Jika hal itu sudah dilakukan, Tech 3 akan memiliki kepercayaan diri untuk meminta pembalapnya, khususnya Zarco untuk bertahan bersama mereka. "Saya bisa meyakinkan seorang pembalap untuk bersama saya. Begitu Anda memiliki motor dan pembalapnya, Anda bisa berbicara dengan sponsor."

Di sisi lain, Poncharal juga berkomentar soal spekulasi masuknya tim Rossi ke MotoGP. Ia meyakini hal itu akan dilakukan, tapi tidak tahu kapan akan terwujud. Faktanya, hal itu juga bergantung dari kapan The Doctor akan memutuskan pensiun dari MotoGP.

"Jika Valentino benar-benar pensiun di akhir 2018, Yamaha tak akan membekali dua tim satelit, itu sudah jelas. Yamaha memiliki pilihan antara Valentino dan Tech 3, mungkin Valentino akan disukai. Saya sadar akan hal itu," jelas Poncharal.

 

Tech 3 sudah berkiprah di MotoGP sejak musim 2001. Sejauh ini, kerja sama kedua belah pihak terbilang apik karena Tech 3 juga memiliki tim di Moto2. Sejak itu, prestasi terbaik Tech 3 didapat di MotoGP 2012 dan 2013.

Pada musim 2012, duet Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso membawa mereka finis ke urutan ketiga klasemen. Posisi yang sama juga diamankan Tech 3 pada musim 2013 dengan duet Crutchlow dan Bradley Smith.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Natal 2017, Lee Jun Ki Hanya Ingin Berterima Kasih

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

Hanya beberapa jam menjelang Natal 2017, Lee Jun Ki sempat mengajukan permohonan. Lewat siaran langsung di sebuah aplikasi, Lee Jun Ki menyapa fans dan berbincang-bincang membicarakan Natal 2017.

Lee Jun Ki (Pinterest)

Natal tahun ini, Lee Jun Ki hanya ingin bersyukur atas semua yang telah ia raih. Tak lupa, bintang Scarlet Heart itu juga mengucapkan terima kasih kepada fans setia atas dukungan mereka.

"Aku hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada kalian semua, cinta dan dukungan kalian selama ini," kata Lee Jun Ki via V, baru-baru ini.

Banyak hal tak terduga menjadi seorang aktor ketika memerankan sebuah karakter. Seperti yang dialami oleh aktor Korea bernama Lee Jun Ki. Setiap penampilannya, ia memang selalu membuat penonton terpesona. (Instagram/actor_jg)

Lee Jun Ki berharap tahun depan akan menjadi lebih baik bagi dirinya. Menurut Lee Jun Ki, 2018 adalah Tahun Anjing yang merupakan shio kelahirannya.

"Aku lahir di tahun 1982, berada di dalam naungan Shio Anjing. Kebetulan, tahun depan juga Tahun Anjing, semoga menjadi lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya," sebut Lee Jun Ki.

Tak lupa, Lee Jun Ki berjanji akan memberikan aksi terbaik dengan segala kemampuannya. Lee Jun Ki sekali lagi memohon dukungan dari fans setianya.

Lee Jun Ki (Korea Portal)

Lee Jun Ki selalu membuat penonton terpana dengan kemampuan aktingnya. Sebelumnya, aksi Lee Jun Ki di Scarlet Heart sukses bikin fans menangis. Pada akhir cerita, Lee Jun Ki yang berperan sebagai Wang So menunjukkan kesedihan terdalamnya setelah ditinggal Hae Soo Hae Soo (IU).

Hae Soo (IU) di era Goryeo meninggal dunia setelah melahirkan anak. Wajah Lee Jun Ki yang sedih dan penuh duka, membuat penonton tak tega melihatnya. Kini, Lee Jun Ki berubah 180 derajat saat menjadi investigator dan ahli kriminal yang bekerja sebagai aparat di drama Criminal Minds.

Lee Jun Ki juga mendapatkan kesempatan emas beradu akting dengan Milla Jovovich. Lee Jun Ki sempat terlibat dalam film Resident Evil The Final Chapter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 6 Syarat Meghan Markle Bisa Jadi Putri Inggris

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

kehidupan Meghan Markle setelah menikah tidak semudah yang orang bayangkan. Bintang serial "Suits" itu harus menjalani sejumlah syarat dan peraturan agar diterima menjadi putri Kerajaan Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UFO dari Korut? Jejak Misterius di Langit AS Ternyata dari Roket

Posted: 23 Dec 2017 09:00 PM PST

Perusahaan antariksa Space X meluncurkan Falcon 9, dari Pangkalan Udara Vandenberg, California pada Jumat malam 22 Desember 2017.

Roket daur ulang tersebut membawa 10 satelit milik Iridium Communication ke orbit Bumi. Saat mengudara, Falcon 9 meninggalkan jejak kondensasi yang bikin banyak orang salah sangka.

Bayangan misterius itu terlihat jelas di langit malam, dari wilayah California Selatan hingga Phoenix.

Sejumlah stasiun televisi, bahkan di San Diego yang berjarak 320 kilometer dari lokasi peluncuran, menerima sejumlah panggilan dari pemirsa yang penasaran.

Sementara, mobil-mobil yang melaju di jalanan Kota Los Angeles dihentikan. Para pengemudi dan penumpang ramai-ramai mengambil gambar penampakan aneh di langit.

Jimmy Golen, penulis artikel olah raga untuk Associated Press di Boston, kala itu sedang berada di California Selatan untuk berlibur. Pria itu mengaku, ia dan para turis lainnya mengaku melihat jejak uap air yang panjang dan bersinar di angkasa. Kala itu mereka sedang mengikuti tur di studio Warner Bros di Burbank, pinggiran Los Angeles.

"Orang-orang berspekulasi, itu ada kaitannya dengan film, acara televisi, atau UFO. "Itu sangat keren,' kata dia soal penampakan tersebut, seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu.

Dalam postingannya milarder pemilik Space Exploration Technologies atau SpaceX, Elon Musk mendeskripsikannya sebagai "UFO alien nuklir dari Korea Utara".

Pihak pemadam kebakaran Los Angeles kemudian mengeluarkan pengumuman. "Cahaya misterius di langit tersebut asalnya dari peluncuran roket." Bukan UFO.

Elon Musk (AFP)

Falcon 9 sebelumnya juga membawa saletit Iridium ke orbit pada Juni 2017. Kala itu pendorong tahap pertama mendarat di platform mengapung di Samudra Pasifik. Kali ini roket tersebut diarahkan untuk menyebur ke laut.

Peluncuran kali ini adalah yang ke-18 sekaligus final bagi SpaceX di sepanjang 2017 -- yang dikontrak untuk menempatkan sistem Iridium yang terdiri atas 75 satelit.

Space X dan perusahaan antariksa swasta lain lahir pasca-kebijakan baru NASA yang menghentikan peluncuran ke orbit rendah.    

Berhasil mengantarkan kargo ke angkasa luar belum memuaskan hati Elon Musk, bos SpaceX. September lalu, ia mengungkapkan rencananya untuk mengirimkan manusia ke Mars pada 2024.

Musk juga berambisi memangkas waktu perjalanan di Bumi sekitar 30 menit. Terkait rencana ke Planet Merah, pendiri PayPal itu sedang mengembangkan roket dan pesawat antariksa, dengan kode BFR, untuk membawa lebih dari 100 orang ke Mars.

"Kita akan memulai dengan satu wahana, lalu memperbanyaknya, kemudian membangun kota di Mars," kata dia di International Astronautical Congress.

BFR akan berukuran raksasa, tingginya 100 meter, dengan 31 mesin yang akan membawa perbekalan seberat lebih dari 4.000 ton ke angkasa luar. Menuju Mars.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Menegangkan, Begini Upaya Penyelamatan Korban Banjir Dahsyat di Filipina

Posted: 23 Dec 2017 08:59 PM PST

Kondisi pemukiman di Lanao del Norte yang disapu oleh banjir dahsyat, Filipina selatan (22/12). Sebuah badai tropis telah menimbulkan banjir bandang serta memicu longsor di Filipina selatan sehingga puluhan orang tewas. (Aclimah Disumala via AP)

Kondisi pemukiman di Lanao del Norte yang disapu oleh banjir dahsyat, Filipina selatan (22/12). Sebuah badai tropis telah menimbulkan banjir bandang serta memicu longsor di Filipina selatan sehingga puluhan orang tewas. (Aclimah Disumala via AP)

Warga menggunakan tali berusaha menolong korban banjir dahsyat yang melanda Lanao del Norte, Filipina selatan (22/12). Dikutip dari media Filipina, mengabarkan setidaknya 127 korban tewas dalam musibah ini. (Aclimah Disumala via AP)

Warga menggunakan tali berusaha menolong korban banjir dahsyat yang melanda Lanao del Norte, Filipina selatan (22/12). Dikutip dari media Filipina, mengabarkan setidaknya 127 korban tewas dalam musibah ini. (Aclimah Disumala via AP)

Seorang anak digendong saat berupaya melintasi banjir dahsyat yang melanda Lanao del Norte, Filipina selatan (22/12). Dikutip dari media Filipina, mengabarkan setidaknya 127 korban tewas dalam musibah ini. (Aclimah Disumala via AP)

Seorang anak digendong saat berupaya melintasi banjir dahsyat yang melanda Lanao del Norte, Filipina selatan (22/12). Dikutip dari media Filipina, mengabarkan setidaknya 127 korban tewas dalam musibah ini. (Aclimah Disumala via AP)

Kondisi pemukiman di Lanao del Norte yang disapu oleh banjir dahsyat, Filipina selatan (22/12). Selain akses yang sulit karena bebatuan raksasa dan lumpur, terputusnya listrik dan jalur komunikasi menghambat upaya penyelamatan. (Aclimah Disumala via AP)

Kondisi pemukiman di Lanao del Norte yang disapu oleh banjir dahsyat, Filipina selatan (22/12). Selain akses yang sulit karena bebatuan raksasa dan lumpur, terputusnya listrik dan jalur komunikasi menghambat upaya penyelamatan. (Aclimah Disumala via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub: Bandara Kualanamu Siap Hadapi Lonjakan Penumpang Natal

Posted: 23 Dec 2017 08:45 PM PST

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, Bandara Kualanamu, Medan telah memeriksa kelayakan kendaraan (ramp check) terhadap 68 pesawat di Bandara Kualanamu, Medan dalam menghadapi musim liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Selain itu, operator Bandara Kualanamu, PT Angkasa Pura II sudah mengantisipasi lonjakan penumpang dengan meningkatkan fasilitas.

"Kita telah melakukan ramp check terhadap seluruh pesawat yang akan dioperasikan selama Natal dan Tahun baru dengan jumlah 68 pesawat untuk Bandara Kualanamu dan wilayah Sumatera Utara 224 pesawat," jelas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub, Sugihardjo dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Sugihardjo menjelaskan, ramp chek sebanyak 224 pesawat tersebut merupakan Instruksi Menteri Perhubungan dalam rangka pemeriksaan sarana transportasi untuk semua moda.

Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan dan Angkasa Pura II Cabang Kualanamu sudah menangani kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu.

Sugihardjo bilang, keamanan di Bandara Kualanamu relatif baik untuk posko terpadu di sisi darat maupun untuk yang akan terbang berangkat ada X Ray 1 dan 2. Semua sudah diperiksa dan hasilnya berfungsi dengan baik.

"Satu poin sistem check in di Kualanamu, semuanya menggunakan scan barcode. Barcode inilah yang akan terintegrasi dengan pola bagasi (bagage handling system), pemeriksaan melalui scan barcode ada 12, itu hal yang juga positif," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pergerakan angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu, jumlah penumpang maupun pesawat yang dioperasikan jauh lebih besar dibanding angkutan lebaran. Alasannya, di Medan pada khususnya, dan Sumatera Utara pada umumnya mayoritas merayakan Natal.

"Dibanding tahun lalu, angkutan natal di Bandara Kualanamu sudah naik 10 persen. Termasuk di Bandara Silangit sudah cukup tajam peningkatannya," Sugihardjo berujar.

Sugihardjo melanjutkan, Bandara Gunung Sitolo melayani 10 penerbangan per hari. Semakin banyak pesawat, sambungnya, maka tarif pesawat diharapkan menurun sehingga masyarakat bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga ekonomis.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, Nur Isnin mengatakan untuk penerbangan tambahan di Bandara Kualanamu, yang masuk ada 45 penerbangan dan yang keluar sebanyak 28 penerbangan sampai dengan saat ini.

Isnin juga menjelaskan soal ludesnya tiket pesawat dan tarif tiket pesawat dari Bandara Kualanamu ke Bandara Silangit dan Gunung Sitoli, Nias.

"Di nias ada 10 penerbangan per hari termasuk dari Padang ada 1 penerbangan setiap hari, pergerakan pesawat di Bandara Kualanamu sudah di atas 240 penerbangan per hari, biasanya hanya sekitar 230 penerbangan selama masa Natal dan Tahun Baru," pungkas Isnin.

Tonton Video Pilihan Ini

Ternyata tidak hanya hotel saja yang memiliki predikat berbintang. Fasilitas toilet umum juga bisa menyandang status itu. Salah satunya adalah toilet umum di Bandara Sultan Thaha Jambi.

Fasilitas toilet di bandara ini menyandang predikat bintang empat alias terbaik dan terbersih. Predikat bintang empat itu didasarkan dari penilaian Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

Selain Bandara Sultan Thaha Jambi, predikat toilet bintang empat juga diraih Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan Bandara Kualanamu Medan.

Kemudian Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Pada tahun ini fasilitas toilet (Bandara Sultan Thaha Jambi) naik peringkat dan memperoleh bintang empat dari sebelumnya bintang tiga," ujar Junior Manager Operasi dan Pelayanan Bandara Sultan Thaha Jambi, Asep Kurniawan di Jambi, Jumat, 15 Desember 2017.

Piagam pemeringkatan toilet umum bandar udara itu diberikan kepada Bandara Sultan Thaha Jambi dengan masa berlaku 2018-2019 yang langsung ditandatangani oleh Ketua ATI, Naning Adiwoso.

Berdasarkan keterangan ATI, kata Asep, toilet umum menjadi salah satu fasilitas penting dalam infratsruktur publik di bandara. Keberadaan toilet dinilai mampu memberikan citra positif menunjang destinasi wisata.

Penilaian yang dilakukan ATI itu meliputi kebersihan toilet, fasilitas yang ada di toliet, desain toilet serta alat kelengkapan yang memadai untuk kebersihan toilet.

Sementara itu, fasilitas toilet umum di terminal baru Bandara Sultan Thaha Jambi itu telah mengalami peningkatan fasilitas yang signifikan dari sebelumnya.

Bandara kebanggaan masyarakat Jambi itu memiliki terminal seluas sekitar 35.000 meter persegi dengan area parkir seluas 26.500 meter persegi. Bandara ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2016.

Terminal Bandara Sultan Thaha Jambi saat ini mampu menampung kapasitas 1,6 juta penumpang per tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Bersenjata Lengkap, Pasukan Brimob Gelar Operasi Lilin di CFD

Posted: 23 Dec 2017 08:45 PM PST

Pasukan Brimob mengendarai motor dan bersenjata lengkap berpatroli saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). Operasi Lilin 2017 ini guna memberikan kenyamanan pada masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pasukan Brimob mengendarai motor dan bersenjata lengkap berpatroli saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). Operasi Lilin 2017 ini guna memberikan kenyamanan pada masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pasukan Brimob mengendarai motor dan bersenjata lengkap berpatroli saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pasukan Brimob mengendarai motor dan bersenjata lengkap berpatroli saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pasukan Brimob dan polisi lalulintas berjaga saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). Pengamanan tersebut merupakan salah satu rangkaian operasi Lilin 2017. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pasukan Brimob dan polisi lalulintas berjaga saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). Pengamanan tersebut merupakan salah satu rangkaian operasi Lilin 2017. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pasukan Brimob bersenjata lengkap melakukan pengamanan saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pasukan Brimob bersenjata lengkap melakukan pengamanan saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pasukan Brimob bersenjata lengkap melakukan pengamanan saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). Operasi Lilin 2017 ini guna memberikan kenyamanan pada masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pasukan Brimob bersenjata lengkap melakukan pengamanan saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (24/12). Operasi Lilin 2017 ini guna memberikan kenyamanan pada masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah di El Clasico, Bek Real Madrid Tidak Percaya Keajaiban

Posted: 23 Dec 2017 08:45 PM PST

Bek Real Madrid, Marcelo mengakui kekalahan timnya dari Barcelona. Los Blancos, sebutan Real Madrid, kalah 0-3 di Santiago Bernabeu Stadium, Sabtu (23/12/2017), dalam lanjutan Liga Spanyol.

Tiga gol kemenangan Los Blaugrana, julukan Barcelona, dicetak Luis Suarez, Lionel Messi, dan Aleix Vidal. Dalam laga itu, Real Madrid bermain dengan 10 pemain setelah Dani Carvajal diganjar kartu merah pada menit ke-63.

"Kami mengakui gol pertama mereka, kemudian ada penalti dan kartu merah tidak lama berselang. Tentu saja sangat sulit melawan 11 pemain Barcelona dengan 10 pemain kami," kata Marcelo, dikutip dari Marca.

Dalam laga El Clasico, Marcelo tampil di bawah performa terbaiknya. Dia hanya melakukan dua tekel, satu intersep, dan satu clearance untuk membantu pertahanan Real Madrid.

 

 

 

Kekalahan di El Clasico membuat peluang Real Madrid mempertahankan gelar Liga Spanyol semakin menipis. Los Blancos tertinggal 14 poin dari Barcelona yang semakin kokoh di puncak klasemen dengan 45 poin.

"Selisih poin ini terjadi karena Barcelona memenangkan lebih banyak pertandingan, hanya itu saja," ujar bek Timnas Brasil tersebut.

Melihat tipisnya peluang mempertahankan gelar Liga Spanyol, Marcelo menolak percaya pada keajaban. "Tapi peluang (juara La Liga) belum hilang. Namun, saya tidak percaya dengan kajaiban. Kita hanya perlu bekerja keras," ucapnya.

Meski kalah, Marcelo mengaku puas. Pria berusia 29 tahun itu senang sudah memberikan tontonan yang menarik kepada suporter yang menyaksikan El Clasico di seluruh dunia.

"Kami sudah memanjakan Anda. La Liga merupakan kompetisi terbaik di dunia dan sulit mencatatkan kemenangan di sini, meski Anda selalu berharap kami menang," kata Marcelo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat Seks, Rumah Tangga Kim Kardashian dan Kanye West Selamat

Posted: 23 Dec 2017 08:40 PM PST

Kim Kardashian dan Kanye West dikabarkan tak romantis lagi. Rumah tangga keduanya telah menunjukkan tanda-tanda keretakan sejak 2016 silam.

Kanye West dan Kim Kardashian bersama anak mereka, Saint dan North (E!)

Kehadiran anak ternyata membuat hubungan Kim Kardashian dan Kanye West kembali mesra. Namun keduanya dilaporkan tak bisa mempertahankannya lagi. Padahal, mereka menantikan anak ketiga yang lahir dari ibu pengganti.

Kim Kardashian dan Kanye West disebut-sebut muak dengan pasangan masing-masing, menjadi pemicu kehancuran. Sebuah kabar menyebutkan, Kim Kardashian dan Kanye West mulai jarang melakukan hubungan intim, diwartakan The Hollywood Life, Sabtu (24/12/2017).

Kim Kardashian dan Kanye West (Instagram/privatekanye)

Namun kabar tersebut hanya isapan jempol. Keinginan untuk cerai dilaporkan mulai memudar. Pertengkaran mereka bisa diminimalisir bekat hubungan intim yang dilakukan keduanya.

Kanye West ingin memuaskan istrinya. Akhirnya, Kanye West pun bekerja keras, mulai berdiet setiap hari agar kehidupan ranjangnya lebih sehat.

Orang yang mengaku dekat dengan Kanye West mengatakan, "Kanye berusaha memperbaiki diri. Ia ingin berjuang demi anak-anaknya."

Kim Kardashian dilaporkan sebagai wanita yang tak pernah puas, Ia memiliki resolusi di tahun 2018, diajukan untuk Kanye West.

Sumber tersebut juga menyebutkan, Kim Kardashian ingin mendapatkan `pelayanan` dari Kanye West lebih banyak lagi. Selama ini, kehidupan ranjang mereka sangat mengenaskan.

"Kim ingin menyelamatkan rumah tangganya dengan Kanye West lewat seks," sumber tersebut menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Makna Mendalam di Balik Tukar Kado Natal

Posted: 23 Dec 2017 08:36 PM PST

Tukar kado Natal adalah salah satu hal yang seru saat akhir tahun seperti ini. Entah itu tukar kado antara keluarga, sahabat, atau rekan satu tim di kantor.

Usai membuka kado Natal, sebagian besar menyampaikan rasa bahagia dengan apapun yang di dapat. Namun, tahukah Anda makna di balik tukar kado Natal?

"Ritual tukar kado, dalam masyarakat manapun adalah salah satu cara meningkatkan hubungan dengan seseorang," kata Profesor University College of London, Adrian Furnham.

Ritual tukar kado sendiri berarti seseorang membeli kado lalu bakal menerima kado dari orang lain. Menurut Furnham, saat memberi kado itu adalah simbol komitmen kepada kelompok atau orang tersebut. Sementara saat menerima kado itu simbol kesediaan melanjutkan hubungan dengan pemberi kado.

"Namun intinya tukar kado Natal sebuah bentuk upaya untuk memberikan perhatian agar lebih dekat dengan orang-orang tersebut," katanya mengutip laman Psychology Today, Minggu (24/12/2017).

 

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

Adanya libur natal dan tahun baru di penghujung tahun juga sering digunakan orang-orang sebagai momen bertukar hadiah

Diperkirakan orang-orang yang merayakan Natal menghabiskan delapan persen pendapatan untuk membeli kado Natal.

Biasanya, kado diberikan kepada orang terdekat, seperti ke pasangan atau orangtua ke anak Lalu, diberikan juga ke kerabat dekat lainnya.

Dan kaum hawa lebih banyak memberikan kado Natal dibandingkan pria. Mereka memberikan kado Natal ke banyak orang, walau menerima lebih sedikitdari yang sudah diberi. Furnham tak menyebutkan alasan mengapa wanita cenderung lebih banyak memberi kado Natal. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 5 Alternatif Objek Wisata saat Liburan

Posted: 23 Dec 2017 08:30 PM PST

Tidak perlu melancong ke luar negeri untuk berlibur, karena banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Dari mulai wisata alam hingga wisata atraksi, semua bisa dengan mudah dilakukan bersama orang terdekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Haru, Melly Goeslaw Ngaku Tak Mampu Lupakan Anak Palestina

Posted: 23 Dec 2017 08:30 PM PST

Melly Goeslaw telah usai melakukan misi kemanusiaan di Palestina. Jutaan kisah tak terlupakan telah dilewati musisi tersebut, termasuk pertemuannya dengan anak-anak Palestina di pengungsian.

Melly Goeslaw, Opick, dan rombongan saat mengunjungi pengungsi Palestina. (Istimewa)

Melalui Instagram pribadinya, Melly Goeslaw menulis perasaan campur aduk saat akan kembali ke Indonesia. Pasalnya, ia seakan tak ingin meninggalkan anak-anak Palestina yang ia temui, tapi keluarga di Tanah Air telah menunggu kepulangannya.

"Berat langkah saya meninggalkan tanah ini, wajah anak2 itu terus menerus membayangi saya, mata indah aminah akan terus ada dalam ingatan saya, tapi keluarga sy pun di tanah air sdh menanti," tulis Melly Goeslaw.

 

 

 

 

Melly Goeslaw mengungkapkan dukanya atas peristiwa kemanusiaan di Suriah dan Palestina (Instagram/@melly_goeslaw)

Hati Melly Goeslaw pun seakan telah luluh dengan wajah polos anak-anak Palestina tersebut. Pelantun "Gantung" itu pun sempat berniat mengadopsi salah satu dari mereka, tapi setelah dipikirkan lebih matang, niat tersebut kemudian diurungkan.

"Hati ini sangat ingin mengambil salah satu dari anak2 Palestina. Tapi sy sadar, disinilah tempat terbaik untuk mrk, disini mrk dekat dengan org2 sebangsanya, agama dan keimanan juga akan tebal menyelimuti mereka karna didikan sehari hari disini tdk lepas dari Alquran. Dan utamanya memang menghafal Alquran," lanjut Melly Goeslaw.

Penyanyi dan pencipta lagu Melly Goeslaw telah sampai di Istambul, Turki. Perjalanan panjang sebagai Duta Kemanusiaan Indonesia ia datang ke Palestina untuk memberikan bantuan. (Instagram/melly_goeslaw)

Melly Goeslaw pun menutup tulisan panjang itu dengan ungkapan mengharukan. Menurut sang artis, para wanita di seluruh dunia merupakan ibu dari anak-anak malang tersebut. Maka, sesungguhnya mereka tak perlu khawatir.

"Selamat tinggal anak2, meski ibu mu tak disampingmu, kalian lebih beruntung, karna wanita diseluruh dunia ini juga adalah ibu kalian . Dear Aminah si mata indah dan si kecil berambut mirip jamur..., jika Allah izinkan, kita pasti ketemu lagi, disini, atau di SurgaNya nanti. Amiiin Teruslah bertahan dan berjuang," Melly Goeslaw menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inzaghi Minta Gelandang Lazio Bertahan

Posted: 23 Dec 2017 08:30 PM PST

Pelatih Lazio, Simone Inzaghi meminta Stefan de Vrij segera memperpanjang kontraknya. Pasalnya, De Vrij merupakan salah satu pemain penting.

"Bagi saya, sebuah kebanggaan bisa melatihnya. Dia pemain berkualitas," ujar Inzaghi seperti dilansir Tribal Football.

De Vrij saat ini sedang menjalani musim terakhir dalam kontraknya. Lazio diketahui sudah mengajukan perjanjian baru dengan gaji 2,5 juta euro per musim plus klausul transfer 28 juta euro. Namun, Lazio ingin De Vrij mengambil keputusan sebelum akhir tahun.

De Vrij tiba di Italia pada 2014. Dia didatangkan Lazio dari Feyenoord Rotterdam.

Hingga kini, pemain berusia 25 tahun tersebut sudah membela Lazio di 239 pertandingan seluruh kompetisi, plus menyumbang 13 gol. Capaian terbaiknya bagi klub ibu kota Italia itu adalah memenangkan Piala Super Italia 2017.

 

 

Bursa transfer Januari hanya hitungan hari lagi bakal dibuka. Oleh karena itu, Inzaghi pun menegaskan ingin masalah kontrak De Vrij diselesaikan sebelum Natal.

Inzaghi mengungkapkan, manajemen Lazio sedang berusaha bernegosiasi dengan De Vrij. "Saya tahu mereka sedang membicarakan perpanjangan kontrak. Saya ingin keduanya sepakat di bawah pohon Natal," ujar Inzaghi.

Stefan De Vrij (AFP/Tiziana Fabi)

De Vrij kabarnya terus menjadi incaran sejumlah klub, salah satunya adalah Liverpool. Liverpool menjadikan Stefan de Vrij sebagai alternatif incaran untuk memperbaiki lini pertahanan.

Sebelumnya, The Reds mengincar Virgil van Dijk, namun usaha mereka tidak mendapat respons positif dari klub pemilik Van Dijk, Southampton.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilarang Masuk Hong Kong, Ustaz Somad Akan Klarifikasi ke Kemenlu

Posted: 23 Dec 2017 08:27 PM PST

Ustaz Abdul Somad berniat meminta klarifikasi ke Kementrian Luar Negeri (kemenlu) terkait penolakannya saat akan menghadiri undangan dakwah di Hong Kong. Hal ini disampaikan kuasa hukumnya, Kapitra Ampera.

"Kami segera akan melakukan konfirmasi dan klarifikasi melalui Kementerian Luar Negeri, untuk mengetahui duduk persoalannya," ucap Kapitra, Minggu (24/12/2017).

Bukan hanya itu saja, dia menuturkan, akan melaporkan hal ini kepada DPR dan instansi lainnya. Menurutnya, kasus larangan Ustaz Somad masuk Hong Kong ini penting.

"Agar Pemerintah Indonesia serius melindungi warganya yang kunjungan ke luar negeri," jelas Kapitra.

Sebelumnya, Ustaz Somad menuturkan, kejadian larangan masuk Hong Kong itu berlangsung saat dia bersama dua rekannya baru keluar dari pintu pesawat. Kala itu, beberapa orang tidak berseragam langsung menghadangnya dan menarik secara terpisah.

Ustaz Abdul Somad. (Instagram/ustadzabdulsomad)

Setelah itu, lanjut dia, petugas menanyakan terkait identitas. Pertanyaan tersebut dijawabnya sesuai dengan fakta sebenarnya.

"Mereka tanya-tanya identitas, pekerjaan, pendidikan, keterkaitan dengan ormas dan politik. Saya jelaskan bahwa saya murni pendidik, intelektual muslim lengkap dengan latar belakang pendidikan saya," kata Abdul Somad.

Ustaz Abdul Somad

Proses interogasi tersebut dilakukan sekitar 30 menitan. Setelah itu, petugas setempat menegaskan bahwa Hong Kong tidak menerima kehadiran Abdul Somad.

"Lebih kurang 30 menit berlalu. Mereka jelaskan bahwa negara mereka tidak dapat menerima saya. Itu saja. Tanpa alasan. Mereka langsung mengantar saya ke pesawat yang sama untuk keberangkatan pukul 16.00 WIB ke Jakarta," tulis Abdul Somad.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditanya Spider-Man Ada di Film Venom, Produser Kelabakan

Posted: 23 Dec 2017 08:20 PM PST

Film Venom yang akan tayang pada 2018 masih menyimpan misteri. Belum jelas apakah di dalamnya akan terdapat Spider-Man dan tak diketahui apakah bakal termasuk ke dalam waralaba Marvel Cinematic Universe.

Ditanya hal tersebut, producer Matt Tolmach pun masih belum memberikan jawaban yang pasti. Seperti dilaporkan Ace Showbiz, Sabtu (23/12/2017), kala itu ia ditanya dalam sebuah wawancara bersama MTV mengenai eksistensi Spider-Man di film Venom nanti.

Setelah mendengar pertanyaan itu, Matt Tolmach seolah ingin berkelit. "Kami sedang membuat sebuah film Venom, itulah apa yang akan saya katakan kepada Anda semua," katanya dalam wawancara tersebut.

Masih belum menyebut nama Spider-Man, sang produser lalu melontarkan nama aktor utama Venom sambil menggambarkan singkat film tersebut. "Sebuah film Venom, dengan Tom Hardy, dan saya pikir kalian akan sangat senang."

 

Tom Hardy memakai kaus Venom. (Twitter)

Seolah belum menyerah, pewawancara terus menanyakan apakah Venom akan menampilkan Peter Parker di dalamnya, ia tetap berkelit dengan kalimat serupa. "Kami membuat film Venom... Dan saya senang orang-orang bisa mengeksplorasinya, dan mencari tahu apa itu."

Lalu, Tolmach juga ditanya apakah Venom akan memiliki rating R (dewasa) atau PG-13 (remaja). Ia pun tetap menjawab dengan irit, "Kami akan melakukannya dengan benar."

Rumor yang berkembang soal kedatangan Spider-Man ke dunia The Avengers agaknya mempengaruhi sepak terjang manusia laba-laba di layar lebar.

Pernyataan tersebut membuat sebagian pihak yakin bahwa Venom akan berada di jagat cerita Spider-Man: Homecoming 2. Spider-Man sendiri saat ini dibintangi oleh Tom Holland sejak film Captain America: Civil War.

Venom sendiri memiliki sosok manusia bernama Eddie Brock, saingan Peter Parker alias Spider-Man di dunia jurnalistik. Dalam filmnya nanti, Venom bakal diperkenalkan sebagai anti-hero ketimbang penjahat seperti di Spider-Man 3.

Rencananya, Venom akan hadir di bioskop pada Oktober 2018 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Menang Dari Roma, Juventus Dekati Puncak Klasmen

Posted: 23 Dec 2017 08:15 PM PST

Pemain Juventus, Sami Khedira terjatuh saat berebut bola dengan pemain Roma, Federico Fazio saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Pada pertandingan ini Juventus menang 1-0 atas Roma. (Alessandro Di Marco / ANSA via AP)

Pemain Juventus, Sami Khedira terjatuh saat berebut bola dengan pemain Roma, Federico Fazio saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Pada pertandingan ini Juventus menang 1-0 atas Roma. (Alessandro Di Marco / ANSA via AP)

Gol Juventus yang berhasil dicetak oleh Medhi Benatia saat melawan Roma dalam pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Dengan kemenangan ini Juventus menempel ketat Napoli yang berada puncak klasmen Liga Italia. (Andrea Di Marco / ANSA via AP)

Gol Juventus yang berhasil dicetak oleh Medhi Benatia saat melawan Roma dalam pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Dengan kemenangan ini Juventus menempel ketat Napoli yang berada puncak klasmen Liga Italia. (Andrea Di Marco / ANSA via AP)

Bek Juventus, Medhi Benatia berhasil membobol gawang Roma saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Klasmen sementara dipegang oleh Napoli dengan poin 45, sedangkan Juventus menempel ketat dengan poin 44. (Alessandro Di Marco / ANSA via AP)

Bek Juventus, Medhi Benatia berhasil membobol gawang Roma saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Klasmen sementara dipegang oleh Napoli dengan poin 45, sedangkan Juventus menempel ketat dengan poin 44. (Alessandro Di Marco / ANSA via AP)

Medhi Benatia bersama rekan setimnya merayakan gol usai membobol gawang Roma saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Pada pertandingan ini Juventus menang 1-0 atas Roma. (Andrea Di Marco / ANSA via AP)

Medhi Benatia bersama rekan setimnya merayakan gol usai membobol gawang Roma saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Pada pertandingan ini Juventus menang 1-0 atas Roma. (Andrea Di Marco / ANSA via AP)

Pemain belakang Juventus, Medhi Benatia melakukan selebrasi usai membobol gawang Roma saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Dengan kemenangan membawa Juventus mendekati puncak Klasmen Liga Italia. (Alessandro Di Marco / ANSA via AP)

Pemain belakang Juventus, Medhi Benatia melakukan selebrasi usai membobol gawang Roma saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Dengan kemenangan membawa Juventus mendekati puncak Klasmen Liga Italia. (Alessandro Di Marco / ANSA via AP)

Bek Juventus Medhi Benatia melakukan selebrasi usai membobol gawang Roma saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Juventus berhasil mencetak gol lewat bek mereka Mehdi Benatia pada menit ke-18. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Bek Juventus Medhi Benatia melakukan selebrasi usai membobol gawang Roma saat pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Juventus berhasil mencetak gol lewat bek mereka Mehdi Benatia pada menit ke-18. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Pemain Juventus merayakan kemenangan mereka usai melawan Roma dalam pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Pada pertandingan ini Juventus menang 1-0 atas Roma. (Andrea Di Marco / ANSA via AP)

Pemain Juventus merayakan kemenangan mereka usai melawan Roma dalam pertandingan Liga Italia di Turin, Italia (23/12). Pada pertandingan ini Juventus menang 1-0 atas Roma. (Andrea Di Marco / ANSA via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nainggolan Sebut Roma Tak Fokus Saat Kalah dari Juventus

Posted: 23 Dec 2017 08:15 PM PST

AS Roma harus menelan pil pahit saat meladeni tuan rumah Juventus di Allianz Stadium, Minggu (24/12/2017) dini hari WIB. Radja Nainggolan dan kawan-kawan kalah tipis 0-1 karena gol Medhi Benatia.

"Ini Juventus. Mereka tim kuat. Kami ingin menekannya, namun kami seharusnya bisa lebih fokus," ujar Nainggolan seperti dilansir Football Italia.

Gawang AS Roma hanya mampu bertahan 18 menit dari saat pertandingan dimulai. Adalah Medhi Benatia yang menjebol gawang mantan timnya tersebut lewat tendangan memanfaatkan bola liar di kotak penalti AS Roma.

Meski kalah, AS Roma sebetulnya menguasai jalannya pertandingan. Menurut statistik dari whoscored, AS Roma menguasai bola sebanyak 57 persen.

Namun penguasaan bola itu ternyata tak efektif. Roma hanya melesakkan 14 tembakan. Bandingkan dengan Juventus yang menembak ke arah gawang Roma sebanyak 22 kal, meski hanya menguasai 43 persen penguasaan bola.

 

 

 

Lebih lanjut, Nainggolan juga menyinggung penyesalan rekan setimnya, Patrik Schick. Menurut Nainggolan, Schick sangat kecewa tidak bisa memanfaatkan peluang di menit akhir.

Meskipun demikian, Nainggolan yakin rekan setimnya itu bisa berkontribusi lebih banyak di laga berikutnya. "Datang ke sini dan tidak bisa memaksimalkan kesempatan, ini membuat kami sulit mendapat poin," kata Nainggolan.

"Schick sedikit tertunduk di ruang ganti. Dia mencoba bekerja bagi tim dan dia merasa seharusnya bisa mencetak gol di menit akhir. Ini sulit baginya, namun di masa depan dia yakin dia bisa membantu kami dengan golnya," ujar Nainggolan menambahkan.

Kekalahan Roma atas Juventus dinihari tadi memperpanjang catatan buruk Roma di markas Juventus. Ya, Serigala Ibukota tak pernah menang dalam delapan laga terakhir di markas Juventus.

Kemenangan terakhir Roma di markas Juventus terjadi pada musim 2011 di ajang Coppa Italia. Ketika itu, Roma menang berkat gol Mirko Vucinic dan Rodrigo Taddei.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SIM Anda Habis Saat Akhir Tahun, Ini Jadwal Perpanjangnya

Posted: 23 Dec 2017 08:11 PM PST

Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib hukumnya bagi pengemudi kendaraan bermotor, baik sepeda motor, mobil maupun pengendara bus dan truk.

Bicara soal SIM, tentu saja Anda wajib melakukan perpanjang setiap lima tahun sekali. Sebab, jika Anda lupa memperpanjang SIM walau hanya satu hari, maka harus membuat baru seperti pertama kali mengikuti penerbitan SIM.

Karena itu, memasuki akhir 2017 di mana banyak hari libur, maka Kepolisian Rerpublik Indonesia mengumumkan jadwal pelayanan SIM terbaru. Pengumuman ini sesuai dengan ST Kapolri ST/3036/XII/2016 tentang hari libur nasional 2017.

"Maka, pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) diliburkan pada 24, 25, 26 dan 31 Desember 2017, dan 1 Januari 2018. Namun untuk pelayanan SIM keliling tetap buka pada acara Car Free Day dan SIM Corner tetap buka mengikuti waktu operasional mall," demikian diungkapkan Kepala Satpas SIM Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, Minggu (24/12/2017).

Lantas bagaimana jika pemilik SIM masa berlakunya habis pada 24 Desember-1 Januari 2018?

Tenang saja, Polri sudah melakukan antisipasi, SIM yang kadarluarsa pada periode itu dapat diperpanjang sampai 6 Januari 2018.

Tentu saja, jika Anda tak memperpanjang SIM dari jadwal yang telah ditentukan atau lewat dari 6 Januari 2018, maka harus mengikuti prosedur dan mekanisme penerbitan SIM baru. Jika tidak, jangan salahkan pak polisi apabila nanti ditilang.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

 

Tilang elektronik atau e-tilang tak hanya dilakukan di kota-kota besar saja, sebab Korps Lalu Lintas Polri siap untuk menerapkannya di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan e-tilang, maka hal ini dianggap menjadi salah satu solusi ampuh untuk menanggulangi berbagai macam permasalahan yang ditimbulkan dari penerapan tilang secara manual.

Nah, bagi Anda yang belum tahu soal e-tilang, situs NTMC Polri memberikan pengetahuan, beberapa prosedur atau mekanisme penerapan e-tilang tersebut:

Pertama, bagi pelaku yang melakukan pelanggaran lalu lintas akan menerima upaya penindakan berupa tilang. Tentunya hal ini dilakukan oleh petugas di lapangan.

Kedua, pelanggar yang ditilang mendapatkan nomor BRI Virtual Akun (BRIVA).

Ketiga, kode BRIVA ini digunakan pelanggar untuk membayar sistem e-tilang, setelah pelanggar membayar, secara otomatis aplikasi pada petugas tilang akan berubah warna hijau, kalau belum bayar warnanya biru.

Keempat, setelah denda dibayarkan, masyarakat dapat mengambil barang bukti yang disita.

Dengan e-Tilang, maka hal ini akan terintegrasi dengan e-Samsat, sehingga membuat pengendara hanya melakukan pembayaran via perbankan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Jalan-jalan? Beli Saja Rumah untuk Liburan Sekalian

Posted: 23 Dec 2017 08:09 PM PST

Akhirnya musim liburan tiba juga. Saat liburan Anda suka jalan-jalan? Daerah mana yang sering Anda kunjungi saat liburan atau yang jadi favorit Anda? Bogor, Bandung, Yogyakarta, atau mungkin Bali? Kalau memang sering atau rutin, beli saja rumah untuk liburan sekalian.

(Baca juga: Mau Beli Rumah? Pastikan Lingkungannya Juga Nyaman)

Ya, mengapa tidak? Ketimbang uang Anda habis buat bayar penginapan yang harganya lumayan lebih baik beli, hitung-hitung berinvestasi dan juga bisa disewakan rumahnya. Jangan takut kemahalan, toh sesuaikan saja dengan kemampuan Anda.

Langkah-langkahnya, cari dulu perumahannya dan kemudian simulasikan harga rumahnya dengan kalkulator keterjangkauan untuk mengetahui cicilan KPR perbulannya. Atau, simak rekomendasi pilihan rumah untuk liburan dari kami untuk Anda yang suka jalan-jalan.

Keunggulannya tidak jauh dari Ibukota, bebas banjir, lingkungan yang nyaman dan sejuk, serta memiliki pemandangan yang cantik. Selain itu harganya juga  terjangkau dan memiliki prospek investasi yang bagus sehingga membuat Bogor berada di urutan kelima sebagai lokasi pencarian favorit di Indonesia.

Berbekal pemandangan cantik, udara yang sejuk, dan potensi wisatanya, termasuk kuliner, Bogor cocok dijadikan rumah saat liburan. Anda bisa pilih Dharmawangsa Hills yang bernuansa resort di Jantung Kota Bogor, Ciomas Hills di bawah kaki Gunung Salak, atau La Montana Bogor Apartment yang dirancang modern dan mewah.

Atau mau yang harganya lebih terjangkau lagi? Cek di sini untuk pilihannya.

Bandung juga terus menunjukkan eksistensinya pada pasar properti di Indonesia. Diperkuat sektor ekonomi, pendidikan, teknologi, hingga industri kreatif, membuat Bandung juga dibidik sebagai area investasi. Kemudahan akses, udara yang sejuk, plus obyek wisata dan kulinernya juga bikin Bandung cocok untuk dijadikan rumah untuk liburan. 

Ada banyak pilihan yang bisa Anda dapatkan di Bandung. Di kawasan Dago terdapat Calistha Dago Residence dengan langgam arsitektur modern tropis atau Dago Village, klaster resorts eksklusif di ketinggian 1000m di atas permukaan laut kawasan elit Dago Pakar. Rekomendasi lainnya The Billabong Soeta di lokasi strategis, dekat akses Tol Buah Batu, next Tol Gedebage.

Daerah Istimewa Yogyakarta memang menyimpan potensi besar di sektor properti khususnya rumah tapak. Pasalnya, daerah ini adalah kawasan wisata dan pusat pendidikan yang selalu memiliki daya tarik bagi pendatang entah untuk tinggal, liburan, atau sekedar berinvestasi.

Rekomendasi kami ada Mukti Sendangadi Residence dengan multi akses ke area pendidikan ternama dan bisnis di Yogyakarta. Lalu ada Grand Permata Residence dengan sistem keamanan 24 jam, CCTV di setiap cluster, dan swimming pool, juga Casa Grande yang hanya 7 Menit dari bandara Adisucipto, di sisi Utara kota yogyakarta, Maguwoharjo Sleman.

Tidak ada yang meragukan keindahan Pulau Dewata. Bahkan, pulau yang sempat menjadi lokasi syuting film bertajuk 'Eat, Pray, Love' juga kerap menjadi daya tarik sejumlah selebritis Hollywood untuk berlibur di pulau ini. Ya, keindahan Bali ternyata berpengaruh terhadap perkembangan properti di sana.

Tidak hanya bagi pasar domestik, bahkan investor asing pun juga banyak yang melirik pasar properti di Bali. Di sini Anda bisa melirik Griya Kencana Tosca, Kencana Jingga Residence atau Kencana Nila Mansion dekat daerah wisata Taman Nusa Gianyar, Pantai Lebih, dan Taman Safari Gianyar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Sudah Ada Titik Temu dengan Kemendagri soal TGUPP

Posted: 23 Dec 2017 08:06 PM PST

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan, Pemprov DKI Jakarta sudah menemukan titik temu dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait anggaran Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) 2018. 

"Ada titik temu dalam persoalan anggaran TGUPP antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kemendagri." Ucap Sandiaga Uno, di Jakarta Timur, Minggu (24/12/2017). 

Menurut Sandi, ada kemungkinan anggaran tersebut tidak dipotong atau dicoret Kemendagri dan bisa berjalan di 2018. 

"Alhamdulillah. Mudah-mudahan bisa berjalan di 2018," ujar dia.

Sandi berterima kasih ke Kemendagri yang melihat anggaran untuk TGUPP tersebut memang diperlukan.

 

 

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi santai permintaan Kemendagri memangkas anggaran Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Ada atau tidak adanya dukungan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait anggaran TGUPP, menurut dia, bukan masalah.

"Kita akan jalan terus. Otoritas ada di kita bukan di Kemendagri. Yang penting kerja jalan terus," ucap Anies selepas Upacara Hari Ibu Ke-89 di Lapangan Parkir Eks IRTI Monas, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2017).

Dia mengatakan, anggaran itu sudah ada sejak era gubernur-gubernur sebelumnya. Anies bingung baru sekarang anggaran TGUPP dipersoalkan.

"Dari dulu selalu ada anggaran (TGUPP), dari era Pak Jokowi, Pak Basuki, dan Pak Djarot dan TGUPP boleh tuh, kok sekarang jadi tidak boleh? Ada apa ya? Saya juga enggak tahu ada apa," katanya keheranan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno meninjau proyek MRT di Jakarta, Jumat (20/10). Pembangunan MRT fase 1 (Lebak Bulus-Bundaran HI) per September 2017 telah mencapai 80,5 persen. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Anies menegaskan masukan Kemendagri hanya berupa rekomendasi.

"Kemendagri hanya memberikan rekomendasi, bisa tidak dijalani. Tapi kami mau menghormati," ucap dia lagi. 

Anggaran TGUPP sendiri tetap masuk ke dalam RAPBD 2018 karena disetujui DPRD DKI Jakarta. Anggaran ini melonjak 14 kali lipat menjadi Rp 28,5 miliar dari sebelumnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngacau Gelamai, Tradisi Gotong Royong Warga Bengkulu Buat Kudapan

Posted: 23 Dec 2017 08:05 PM PST

Bengkulu memiliki tradisi gotong royong yang masih dipertahankan di zaman modern ini, namanya Ngacau Gelamai. Istilah ini dilekatkan dalam aktivitas mengaduk adonan untuk membuat kudapan bernama gelamai.

Gelamai adalah kudapan seperti dodol yang dibuat selama lebih dari tujuh jam di atas tungku dengan bara api sedang. Adonannya terdiri dari tepung beras, santan kelapa, gula merah, dan air yang diaduk secara terus-menerus hingga mengental.

Ujang Iskandar, sesepuh masyarakat Kota Bengkulu mengatakan, tradisi membuat penganan yang disebut Ngacau Gelamai ini merupakan cara warga mempertahankan kebersamaan dengan bergotong royong.

Setiap 15 menit, warga akan bergantian mengayun sendok bertangkai kayu sepanjang satu meter sambil berkeliling menyapu bagian pinggir belanga atau kuali besar.

"Seluruh warga dan keluarga yang ada di tempat Ngacau Gelamai terlibat secara bergotong royong, termasuk anak anak," ucap Ujang di Bengkulu, Minggu (24/12/2017).

Setelah adonan diaduk mulai mengental atau lebih dari tiga jam, pergantian orang mengayun sendok menjadi lebih cepat. Sebab, adonan sudah mulai berat dan memerlukan tenaga yang lebih besar

Biasanya kaum pria mulai mengambil alih dengan jarak waktu pergantian mengaduk dari 10 menit hingga lima menit saja.

Sri Armaini, ahli pembuat gelamai Bengkulu, mengatakan setelah adonan tidak lengket lagi ditandai dengan bentuknya yang menyatu. Bara api mulai disingkirkan, namun tetap diaduk hingga adonan menjadi dingin. Setelah dingin, secara gotong royong diangkat dan dimasukkan ke dalam nampan beralas daun pisang.

Saksikan tayangan video pilihan berikut ini:

Duduk bersila secara melingkar sambil makan bersama memupuk keakraban warga di Bengkulu (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Setelah bergotong royong melakukan tradisi Ngacau Gelamai, semua warga yang terlibat duduk bersila di atas berenda atau teras rumah untuk makan bersama. Menu yang disajikan juga merupakan makanan khas yang dimasak khusus.

Menurut Oka Shanti, dalam makan bersama dengan cara duduk bersila itu, mereka biasanya menyajikan lauk yang biasa disebut Masak Asam Incek Kacang Merah, lauk ini terdiri dari kacang merah yang dimasak pedas bersama ikan teri kering dan kacang panjang.

"Masak Asam ini biasanya paling diserbu, karena sangat jarang disajikan, hanya waktu tertentu saja kami memasaknya," ujar Shanti.

Selain Masak Asam Incek Kacang Merah, menu lain yang juga disajikan adalah Ikan Balur atau sejenis ikan asin besar yang dipotong petak digoreng kering. Setelah kering ditaruh di atas piring, lalu dikasih cabqi hijau bersama bawang mentah dan disiram minyak goreng panas.

Ada lagi satu menu khas Bengkulu yang juga biasanya disajikan, namanya Goreng Kabau. Kabau adalah buah sejenis petai dan jengkol yang memiliki aroma khas. Goreng Kabau juga digoreng kering bersama cabai merah iris dan ikan teri kering yang dicampur dalam satu kali masak.

Menurut Adil Qurniawan, salah seorang anggota Kerukunan Keluarga Tabut Bencoolen, makan bersila atau dalam bahasa Melayu Bengkulu disebut Nyuok Beselo lebih memupuk rasa kebersamaan, dan membangun keakraban. Biasanya kaum pria terlebih dahulu makan, setelah selesai, baru para perempuan bersama anak anak juga ikut makan.

"Hanya mengambil nasi dan lauk saja, kaum pria terlebih dahulu, tetapi makan bersilanya tetap bersama sama," kata Adil.

Berdiskusi dalam bahasa Bengkulu atau Ngota Baso Bengkulu, terus dilakukan sebagai upaya menjaga kebiasaan berbahasa asli Melayu Bengkulu (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Setelah makan bersila, para warga melanjutkan aktivitas dengan mengobrol ataupun bersenda gurau sambil minum kopi menunggu gelamai yang sudah didalam nampan menjadi dingin. Tidak ada anggota yang boleh menggunakan bahasa lain dalam obrolan tersebut. Semuanya harus menggunakan bahasa Melayu pesisir Kota Bengkulu.

Ketua Komunitas bahasa Bengkulu atau Bencoolen Speaking Community Endang Kurnia Saputra mengatakan, banyak hal yang dibicarakan saat duduk minum kopi atau biasa disebut ngatoa baso Bengkulu tersebut. Mulai dari pelurusan penggunaan bahasa asli Bengkulu hingga obrolan terkait budaya, perkembangan kota, dan permasalahan keluarga.

"Cara ini kami lakukan untuk tetap mempertahankan tradisi bahasa yang sebagian sudah mulai ditinggalkan," Endang menegaskan.

Komunitas ini juga sudah menerbitkan sebuah buku pegangan berjudul Pernik Baso Bengkulu yang disebar ke berbagai kalangan. Tujuannya untuk menjadi pegangan saat orang menggunakan bahasa Melayu Bengkulu.

Saat ini sudah terjadi percampuran kebiasaan berbahasa yang terimbas dari bercampurnya masyarakat asli dengan kaum pendatang. Istilah dari bahasa luar Bengkulu itu bahkan menjadi kebiasaan dalam penyebutan. Untuk menghindarinya, maka buku Pernik Baso Bengkulu ini menjadi acuan dalam berbahasa Melayu Bengkulu.

"Tidak ada masalah terjadi percampuran dalam penuturan bahasa lokal, tetapi kita harus bijak untuk mempertahankan keaslian bahasa Melayu Bengkulu," Endang Kurnia Saputra memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

148 Batu Empedu Ditemukan di Tubuh Wanita India Ini, Penyebabnya?

Posted: 23 Dec 2017 08:05 PM PST

Dokter di Jyoti Hospital, Madhya Pradesh, India, mengangkat 148 batu empedu seukuran biji jagung dari tubuh seorang perempuan bernama Huma Bai.

Perempuan yang diperkirakan berusia 40 hingga 50 tahun itu telah mengeluhkan sakit perut selama lebih dari satu tahun. Akhirnya, ia dibawa ke rumah sakit, di mana dokter menemukan lebih dari 100 batu empedu di tubuhnya.

Dalam operasi yang berlangsung selama satu setengah jam itu, tim dokter mengambil batu tersebut dari empedu Bai satu per satu.

Dokter memperkirakan bahwa batu empedu itu terbentuk karena Bai gemar makan-makanan berminyak.

Meski tak jelas seberapa serius kondisi Bai, batu empedu menyebabkan ketidaknyamanan hebat jika memblokir saluran empedu.

"Dia telah menderita sakit perut selama lebih dari satu tahun," ujar Dr Markus Damor yang memimpin operasi tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (23/12/2017).

"Dia mengaku telah pergi ke dokter beberapa kali tapi tak ada yang melakukan sonografi," imbuh dia. Sonografi adalah teknik pencitraan menggunakan suara ultra untuk mencitrakan organ internal.

Menurut Damor, Bai datang ke ruamh sakit pada 8 Desember 2017. Tim medis pun melakukan sejumlah tes, termasuk cek darah. Namun, semuanya normal.

Batu empedu tersebut baru diketahui keberadaanya ketika tim medis melakukan sonografi. Namun, mereka tak menyangka batu yang ditemukan akan sebanyak itu.

"Kami melakukan operasi dan mengambil batu-batu itu satu per satu," kata Damor.

"Batu tersebut berukuran 4 hingga 6 milimeter. Kami berencana akan menganalisisnya lebih lanjut," jelas dia.

806 batu empedu yang dikeluarkan dari perut wanita penyuka daging berlemak. (Video Grab)

Peristiwa serupa juga pernah dialami seorang nenek di China. Ia tak pernah sadar bahwa ternyata lebih dari 800 batu empedu bersarang di dalam tubuhnya.

Wanita berusia enam puluhan itu baru ke rumah sakit di Wuhan, setelah mengalami sakit perut parah.

Seperti dimuat Stomp, dokter pun segera memeriksanya dan menemukan kandung kemih si wanita itu penuh dengan batu-batu kecil. Operasi pengangkatan pun akhirnya dilakukan.

Menurut Shanghaiist, para dokter mengeluarkan sebanyak 806 batu dari dalam kandung kemih wanita China tersebut. Ukurannya berkisar dari biji wijen sampai sebesar batu kerikil.

Menurut pengakuan si wanita kepada dokternya, dia suka makan daging berlemak. Kendati demikian tak diketahui pasti apakah itu penyebab 806 batu empedu bersarang di kandung kemihnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Pernah Berikan Hadiah Natal Aneh Ini bagi Rekan Kerja

Posted: 23 Dec 2017 08:00 PM PST

Perayaan Natal sebentar lagi. Kadang merayakan Natal, kantor suka mengadakan tradisi bertukar hadiah Natal. Beragam hadiah yang dapat dipilih untuk diberikan kepada rekan kerja dan atasan.

Namun, beberapa di antaranya ada saja rekan kerja yang iseng saat memberikan sebuah hadiah. Mungkin tujuannya baik untuk menghibur, namun bukankah lebih baik memberikan barang yang lebih berkesan?

Ada baiknya untuk menghindari hadiah yang tidak pantas, menyinggung, atau yang mungkin membuat rekan kerja atau atasan merasa tak nyaman. Berikanlah hadiah yang dapat meninggalkan kesan yang bagus.

Untuk informasi bagi Anda mengenai hadiah apa yang seharusnya tidak diberikan, berikut hadiah Natal paling aneh yang pernah diberikan rekan kerja menurut survei, seperti yang dilansir dari laman businessinsider.sg, Minggu (24/12/2017):

1. Hadiah Tanpa Pikir Panjang

businessinsider.sg

- Sekumpulan alat tulis dari lemari

- Sebuah hiasan yang rusak

- Makanan kaleng kadaluwarsa

- Pakaian bermerek/berlogo perusahaan

- Bantalan kertas

- Bungkus plastik

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Adanya libur natal dan tahun baru di penghujung tahun juga sering digunakan orang-orang sebagai momen bertukar hadiah

2. Hadiah Bekas

businessinsider.sg

- Lilin bekas

- Sepatu tenis kotak-kotak bekas

- Ransel tua berisi penuh sepatu tua

- Sepotong kue yang sudah dimakan di pesta

3. Hadiah yang Berarti

betanews.com

- Botol kapak dan kartu yang bertuliskan, "Mandilah."

- Benjolan batubara

Ilustrasi kado (Foto: pexels.com)

4. Hasil Kerajinan Tangan yang Tak Layak

businessinsider.sg

- Kap lampu terbuat dari tray karton/wadah telur karton

- CD musik dari rekan kerja

5. Makhluk Hidup

businessinsider.sg

- Ikan hidup

- Kadal hidup

- Bebek hidup

6. Hadiah Lelucon yang Tidak Masuk Akal

businessinsider.sg

- Farting Santa

- Pen holder yang terlihat seperti mayat

- Pensil berukuran besar (diameter 1,5 inci, panjang 12 inci)

- Tiket lotere palsu

7. Hadiah yang Tidak Pantas

businessinsider.sg

- Perhiasan

- Bra kelapa

- Cambuk

8. Hadiah yang Membingungkan

businessinsider.sg

- Buku tentang penggunaan kartu remi untuk memprediksi masa depan

- Tongkat hujan

- Kotak sepatu dengan bola pingpong di dalamnya

- Dua sarung tangan kiri

- Botol saus

- Botol glitter

- Anting ayam

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Rahasia Kelam di Silicon Valley Jadi Sorotan

Posted: 23 Dec 2017 08:00 PM PST

Artikel yang mengungkap rahasia kelam perusahaan raksasa teknologi ternama di kawasan Silicon Valley membuat penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Informasi lain yang tak kalah menarik datang dari hotel mewah pertama di luar angkasa buatan Rusia, dan risiko berinvestasi di Bitcoin.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.\

1. Rahasia Kelam Kawasan Elite Teknologi Jadi Sarang Prostitusi

Silicon Valley telah lama dikenal sebagai kawasan bermukimnya startup dan perusahaan raksasa teknologi ternama, sebut saja Microsoft, Facebook, dan Amazon.

Meski terdengar keren, rupanya kawasan yang berada di California, Amerika Serikat (AS) ini menyimpan rahasia kelam yang tak diketahui banyak orang. Diskriminasi gender hingga pelecehan seksual acapkali terjadi di sana.

Misalnya saja, kasus pelecehan seksual yang menimpa eks karyawan Uber, Susan Fowler. Atau Dave McClure, Co-founder sekaligus Managing Partner 500 Startups yang mengundurkan diri usai sejumlah perempuan, termasuk eks CEO inkubator Malaysia MaGIC Cheryl Yeoh, blak-blakan soal pelecehan yang dilakukan McClure.

Selengkapnya baca di sini

2. Rusia Akhirnya Bangun Hotel Mewah Pertama di Luar Angkasa

Kabar Rusia bakal membangun sebuah hotel mewah pertama di luar angkasa memang sudah berhembus sejak 2010.

Namun kini, Negeri Beruang Merah tersebut akhirnya benar-benar mewujudkan rencananya dengan membangun sebuah hotel bintang lima di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS, International Space Station).

Menurut informasi yang dilansir Popular Mechanics, Sabtu (23/12/2017), karena berlokasi di Stasiun Luar Angkasa Internasional, hotel tersebut otomatis akan berada di lintasan orbit Bumi.

Selengkapnya baca di sini

3. 5 Risiko Berinvestasi di Bitcoin dkk

Mata uang kripto (cryptocurrency) seperti bitcoin dan ethereum bekalangan semakin sering terdengar. Hal ini wajar, mengingat cryptocurrency sedang populer di kalangan warganet, yang menjadikannya sebagai cara baru mengakses uang di luar sistem keuangan konvensional.

Cryptocurrency merupakan bentuk dari uang digital yang didesain untuk membuat transaksi menjadi sangat aman. Aset digital ini dirancang sebagai medium pertukaran menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi dan mengontrol berbagai hal terkait lainnya.

Bentuk cryptocurrency pertama adalah bitcon yang diciptakan pada 2009 dan sampai saat ini masih dikenal luas. Nilai cryptocurrency sendiri cukup fluktuatif. Bitcoin misalnya, setelah meroket ke level tertinggi di atas US$ 19.500 per koin pada Minggu lalu, harganya mengalami penurunan pada pekan ini. Pada Jumat (22/12/2017), nilainya sempat berada di bawah US$ 13 ribu.

Selengkapnya baca di sini

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ini Lo Alasan Kenapa Traveling Bisa Cegah Bunuh Diri

Posted: 23 Dec 2017 08:00 PM PST

Maraknya serangan depresi akhir-akhir ini sudah mencapai tahap mengkhawatirkan. Tingkat kematian yang disebabkan karena depresi juga angkanya tidak bisa dianggap main-main. Karena itu juga kampanye untuk cegah bunuh diri ramai dilakukan.

Ini tentunya berkaitan dengan perubahan gaya hidup serta pola pikir masa kini. Adanya banyak tuntutan dalam hidup ini membuat beberapa orang yang tidak kuat mengikuti ritmenya memilih jalan pintas. Padahal, hal itu bisa dicegah dengan mudah asal ada kemauan.

Menurut beberapa pakar, tindakan cegah bunuh diri bisa dimulai dengan melakukan akivitas yang membutuhkan banyak gerak, salah satunya adalah dengan melakukan traveling. Penelitian membuktikan, pemandangan hijau memicu bertambahnya hormon endorfin.

Hormon endorfin adalah hormon yang bisa menimbulkan perasaan bahagia.

Selama perjalanan traveling pastinya yang dicari adalah suasana yang berbeda dengan yang biasa ditemui, seperti pemandangan yang asri. Nah, beberapa penelitian membuktikan bahwa pemandangan hijau mampu memicu produksi hormon endorfin secara maksimal. 

Alasan inilah yang membuat pikiran jadi lebih rileks dan cenderung bahagia ketika melihat pemandangan serba hijau yang indah. Kalau kamu merasa sudah menunjukkan tanda-tanda depresi, sebaiknya buat rencana traveling sekarang juga.

 

Kiat Tubuh Tetap Fit saat Traveling

Meluapkan emosi yang terpendam tentunya bisa jadi salah satu langkah untuk cegah bunuh diri. Tentu dengan penyaluran yang tepat yaitu traveling. Selama dalam perjalanan kamu bisa melakukan hal apapun yang kamu mau di tempat yang baru selama tidak melanggar hukum.

Tidak perlu takut ada orang yang menghakimi. Mau kamu ber-selfie di tengah keramaian dengan gaya paling konyol sekalipun, bebas. Bahkan, kamu juga bisa melakukan bungee jumping sambil teriak seada-adanya untuk merasa bebas.

Selain itu, bertemu orang baru adalah hal yang menyenangkan. Meskipun kamu termasuk orang yang introvert dan pemalu, traveling bisa memaksa kamu untuk jadi orang yang terbuka.

 

Mengobrol dan bertukar pikiran dengan orang baru setidaknya bisa membuat kamu melupakan masalah sejenak. Bahkan, kalau lagi beruntung tentu kamu bisa mendapatkan life advice atau solusi masalah kamu dari sudut pandang yang lain.

Ilustrasi traveling bersama pasangan (pixabay.com)

Itulah alasan, kenapa traveling bisa jadi salah satu langkah untuk cegah bunuh diri. Kalau kamu sedang menghadapi sebuah masalah, ingat saja kalau kamu tidak sendirian.

Ingat kalau kamu masih punya Tuhan yang selalu ada bersamamu dan senantiasa mendengar dan menjaga kamu. Jalan pintas sesungguhnya hanya berbuah kerugian. Selain menyakiti diri sendiri, tentunya akan menyakiti orang yang ternyata mempunyai cinta terpendam kepada kamu.

Traveling tidak hanya bisa melepaskan beban pikiran, tapi juga bisa membuat kamu melihat hidup ini dalam sebuah perspektif yang baru. Akan ada sesuatu yang kamu bawa sepulangnya dari traveling.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/alasan-traveling-bisa-cegah-bunuh-diri/

Saksikan Video pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Nuggets Hentikan 11 Kemenangan Beruntun Warriors

Posted: 23 Dec 2017 08:00 PM PST

Juara bertahan NBA Golden State Warriors tidak berdaya di hadapan Denver Nuggets. Mereka menyerah 81-96 di Oracle Arena, Sabtu (23/12/2017) atau Minggu (24/12/2017) WIB.

Kekalahan ini mengakhiri tren bagus Warriors. Mereka menderita kekalahan pertama dari 12 pertandingan terakhir NBA. Rekor mereka pada klasemen pun menjadi 26-7.

Di lain pihak, Nuggets meraih kemenangan beruntun. Total mereka memetik 18 hasil positif dari 33 pertandingan.

Nuggets pun memantapkan diri sebagai tim terbaik keenam pada klasemen Wilayah Barat NBA. Mereka memiliki rapor sama seperti Oklahoma City Thunder.

Stephen Curry masih absen bela Warriors. (AP/Joe Skipper)

Akurasi tembakan Warriors sangat buruk pada laga ini, hanya sebesar 38,6 persen. Masih Tanpa Stephen Curry, Kevin Durant menjadi kontributor tertinggi dengan 18 poin. Klay Thompson menghasilkan 15 angka dan Draymond Green mencetak 10 nilai.

Gary Harris menyumbang 19 poin bagi kemenangan Nuggets. Nikola Jokic menyusul lewat 18 angka, diikuti Wilson Chandler yang menciptakan 15 angka.

Nuggets

Gary Harris 19 poin

Nikola Jokic 18 poin 9 rebound

Wilson Chandler 15 poin 9 rebound

Trey Lyles 15 poin 9 rebound

 

Warriors

Kevin Durant 18 poin 6 rebound

Klay Thompson 15 poin

Draymond Green 10 poin 6 assist

Jordan Bell 7 poin 10 rebound

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indro Warkop Sudah Curiga Tio Pakusadewo Gunakan Narkoba

Posted: 23 Dec 2017 08:00 PM PST

Kasus narkoba yang menjerat Tio Pakusadewo membuat Indro Warkop prihatin sekaligus terkejut. Apalagi, Tio Pakusadewo mengaku sudah 10 tahun mengonsumsi sabu.

Makanya ketika pertama kali mendengar kabar penangkapan Tio Pakusadewo, Indro Warkop hampir tak menyangkanya.

"Iya kaget ya. Karena itu (pakai narkoba) kaget sih ya," ujar Indro Warkop, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/12/2017).

 

Indro Warkop. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

‎Indro Warkop mengaku dirinya memang sempat‎ curiga dengan beberapa public figure yang tampak seperti pecandu narkoba. Nama Tio Pakusadewo pun sempat masuk dalam radar artis yang dicurigainya tersebut.

"Saya kalau lihat teman-teman seperti kadang menyangka ini anak kayak pakai (narkoba) nih, tetapi juga kayak enggak. Seperti Tora sehari-harinya kan punya syndrome tourette. Saya cuma tahu begini, dan ini orang kayak nyandu berat," kata Indro Warkop.

 

Tersangka Tio Pakusadewo saat jumpa pers di Dit Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/12). Aktor Tio Pakusadewo di tangkap polisi terkait kepemilikan tiga bungkus plastik klip sabu 1,06 gram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebagai artis seangkatan, Indro Warkop merasa sedih dengan penangkapan Tio Pakusadewo terkait kasus narkoba. Namun, Indro tak bisa memaksakan jalan hidup yang sudah dipilih seseorang.

"Saya suka sedih aja kalau teman begini. Saya menyesal juga, berpikirnya kok kayak gue enggak bisa temani dia. Kayak yang gue enggak bisa ngobrol sama dia, cuma kan saya enggak bisa memaksakan diri. Kalau orangnya enggak mau dekat, mau bilang apa?" ucap bintang film W arkop DKI Reborn ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tidur di Kelas, Guru Ini Todong Pistol ke Muridnya

Posted: 23 Dec 2017 08:00 PM PST

Seorang guru menodongkan pistol ke muridnya yang kepergok tertidur di kelas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Perawatan Kulit untuk Bekas Jerawat Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Posted: 23 Dec 2017 08:00 PM PST

Seolah masalah jerawat tidak cukup buruk, setelah melaluinya, Anda akan mendapati bekas jerawat di permukaan kulit wajah. Jika Anda pernah atau sedang mengalaminya, mungkin berpikir bahwa perawatan kulit yang dilakukan membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Jangan khawatir, dilansir dari byrdie.com, Minggu (24/12/2017), berikut ini adalah beberapa perawatan kulit untuk bekas jerawat yang bisa Anda lakukan di rumah saja. Hemat dan menyenangkan, bukan?

1. Jus lemon dan madu

Untuk menghilangkan bekas jerawat, sangat penting untuk menargetkan area-area tertentu. Jika tidak, hasilnya tidak akan sempurna.

Salah satu resep perawatan kulit terbaik adalah ramuan lemon dan madu untuk membantu mencerahkan kulit, karena dapat meringankan hiperpigmentasi yang tertinggal dari jerawat. Jus lemon mengandung asam sitrat, yang merupakan asam alfa hidroksi, membantu menumbuhkan kulit baru.

Sedangkan madu bergungsi untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi dan mengobati peradangan. Celupkan sebuah kapas ke dalam perasan lemon, kemudian aplikasikan ke titik-titik yang terdapat bekas jerawat, ikuti dengan lapisan tipis madu alami, biarkan 15 hingga 20 menit, sebelum dibilas bersih.

Lakukan tiga kali dalam seminggu, tiga sampai empat minggu untuk melihat hasilnya. Sudah pernah coba perawatan kulit untuk bekas jerawat yang satu ini?

 

 

Ilustrasi Foto Kulit Cantik (iStockphoto)

2. Buncis dan masker yogurt

Perawatan kulit yang satu ini terdiri dari tepung buncis, yang secara alami berfungsi untuk mengelupas dan memutihkan kulit wajah. Selain itu, buncis juga dapat membantu mengendalikan minyak dan menjaga pH kulit Anda.

Campuran yogurt akan memberikan pendinginan ekstra untuk mengelupas kulit secara alami, karena asam laktat dan membunuh bakteri. Anda memerlukan satu sendok teh tepung buncis, setengah sendok teh kunyit, dan satu sendok teh madu alami.

Tambahkan perasan lemon segar sampai Anda mendapatkan pasta dan aplikasikan ke titik-titik bekas jerawat, biarkan selama 15 sampai 20 menit, dan bilas dengan air hangat. Lakukan tiga kali dalam seminggu selama tiga sampai empat minggu untuk melihat hasilnya.

Campurkan yogurt dan susu untuk mendinginkan dan mengelupas kulit secara alami karena adanya asam laktat. Selamat mencoba!

Ilustrasi Foto Kulit Cantik (iStockphoto)

3. Teh hijau

Perawatan ini termasuk yang sangat mudah dan membantu. Asam salisilat alami dapat mengeringkan jerawat dan mengurangi pembengkakan.

Hancurkan dua buah aspirin dan letakkan di sebuah sendok makan yang telah berisi teh hijau dingin. Teh hijau mengandung antioksidan untuk memerangi jerawat.

Campurkan hingga berbentuk pasta dan oleskan di titik-titik bekas jerawat. Diamkan selama tiga sampai lima menit dan bersihkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Westbrook Triple-Double, Thunder Hajar Jazz

Posted: 23 Dec 2017 07:40 PM PST

Russell Westbrook mencatat triple-double untuk membantu Oklahoma City Thunder mengalahkan Utah Jazz pada lanjutan NBA 2017-2018. Thunder berjaya 103-89 di Vivint Smart Home Arena, Sabtu (23/12/2017) atau Minggu (24/12/2017) WIB.

Ini adalah triple-double ke-90 dalam karier Westbrook di NBA. Dia hanya kalah dari Jason Kidd (107), Magic Johnson (138), dan Oscar Robertson (181).

Westbrook tercatat menghasilkan 27 angka, 10 rebound, 10 assist pada pertandingan ini. Paul George turut berkontribusi lewat 26 poin. Sedangkan Carmelo Anthony menghasilkan 16 nilai.

Kinerja mereka membantu Thunder mencatat kemenangan ke-18 dari 33 pertandingan NBA musim ini, atau empat hasil positif secara beruntun.

Guard Utah Jazz Donovan Mitchell (kanan) berebut bola dengan center Oklahoma City Thunder Steven Adams pada laga NBA di Vivint Smart Home Arena, Sabtu (23/12/2017) atau Minggu (24/12/2017) WIB. (AP Photo/Rick Bowmer)

Rookie Donovan Mitchell kembali jadi bintang bagi Jazz dengan menciptakan 29 angka. Sementara Derrick Favors menyumbang 11 nilai dan Joe Ingles mencetak tujuh poin.

Kekalahan ini membuat Jazz menderita kekalahan kedelapan dalam 10 pertandingan terakhir. Rekor mereka adalah 15-19.

Thunder

Russell Westbrook 27 poin 10 rebound 10 assist

Paul George 26 poin 6 steal

Carmelo Anthony 16 poin 6 rebound

Steven Adams 12 poin 9 rebound

 

Jazz

Donovan Mitchell 29 poin

Derrick Favors 11 poin 8 rebound

Joe Ingles 7 poin 8 rebound

Rodney Hood 9 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Slank Kampanyekan Dukung Jatim Bebas Sampah 2020

Posted: 23 Dec 2017 07:40 PM PST

Grup musik legendaris Slank menghadiri deklarasi "Jatim Bebas Sampah 2020" yang digelar di Puspa Agro Jemundo, Taman Sidoarjo, Sabtu (23/12/2017). Para personil Slank seperti Kaka, Bimbim, Abdee, Ridho dan Ivan, bersama Pramuka Jawa Timur mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan melalui gerakan sejuta Biopori.

Vokalis Slank, Kaka, mengaku bangga atas gerakan pemuda dalam melestarikan lingkungan. Menurutnya, keterlibatan personilnya dengan pramuka, mengingatkannya saat masih kecil.

"Kita bangga sekali, ini pengalaman kita yang baru. nyobain gotong royong dengan pramuka, kita bangga sekali," tutur Kaka mewakili Slank

Slank dalam deklarasi Jatim Bebas Sampah 2020. (Dian Kurniawan)

Wakil Ketua Kwartir Daerah Bidang Binamuda Pramuka Jatim, Hariadi Purwantoro mengungkapkan, biopori ini dapat meminimalisir kekeringan saat terjadinya kemarau, dan kebanjiran saat musim hujan. Bahkan dapat digunakan untuk mengelola sampah organik.

"Sehingga kekeringan saat musim kemarau dan banjir saat musim hujan, dapat terkurangi," katanya.

Di Jawa Timur sendiri, sejuta lubang resapan dimulai sejak 18 Desember 2017 sampai dengan 18 Januari 2019. Dari seluruh wilayah Kabupaten Kota, ditargetkan masing masing membuat sebanyak lebih dari 27 lubang biopori. Setiap Kwarda membuat 27.400 lubang resapan.

Slank dalam deklarasi Jatim Bebas Sampah 2020. (Dian Kurniawan)

"Namun ada beberapa wilayah yang belum mengikuti atau bergabung dalam gerakan ini, antara lain Jember, Situbondo, Bangkalan, Sampang, Madiun, Lumajang, dan kota Batu," ucapnya.

Meski begitu, tidak mempengaruhi target. Karena ada beberapa daerah yang sebelumnya tidak bergabung, akhirnya turut berpartisipasi, seperti Surabaya, Banyuwangi, Kediri, Tuban, dan Probolinggo.

Para personil Slank juga berkesempatan membuat biopori bersama dengan anggota pramuka. Kemudian mereka juga diajak melihat pengelolaan sampah organik dengan menggunakan ulat.

Slank dalam deklarasi Jatim Bebas Sampah 2020. (Dian Kurniawan)

Disamping itu, para personil Slank juga turut menyemarakkan deklarasi Jatim bebas sampah pada 2020 mendatang.

Isi deklarasi:

Sebagai upaya menjaga lingkungan demi generasi mendatang yang lebih baik, kami masyarakat Jawa timur bertekad mewujudkan Jawa timur bebas sampah 2020.

Kami siap bersama-sama:

1. Mengurangi, memilah, meletakkan sampah pada tempatnya.

2. Mengelola sampah secara bertanggungjawab.

3. Aktif berperan serta dalam kegiatan pengelolaan sampah yang diselenggarakan oleh pemerintah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video MU Terpeleset di Markas Leicester

Posted: 23 Dec 2017 07:30 PM PST

Usaha Manchester United (MU) mengejar Manchester City tersendat. Pasukan Jose Mourinho gagal menjaga jarak setelah ditahan Leicester City 2-2 di King Power Stadium, Sabtu (23/12/2017) atau Minggu (24/12/2017) WIB.

Hasil pertandingan ini membuat perolehan MU menjadi 42 nilai. Mereka defisit 13 poin dari rival sekota Manchester City yang tanpa kesulitan menghajar Bournemouth 4-0.

MU sempat tertinggal dari Jamie Vardy pada laga ini. Namun, The Red Devils sukses membalikkan keadaan berkat dua gol Juan Mata.

Di ambang kemenangan, usaha tim tamu semakin mudah setelah Leicester kehilangan satu pemain. Daniel Amartey diusir wasit karena mengoleksi dua kartu kuning.

Namun, pesta MU buyar menyusul aksi Harry Maguire jelang pertandingan selesai.

Berikut cuplikan pertandingan:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Ungkap Bahaya Curi Listrik yang Wajib Kamu Tahu

Posted: 23 Dec 2017 07:30 PM PST

PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengedukasi masyarakat dalam pemanfaatan energi listrik demi menjaga keselamatan dan keselamatan dalam menggunakan‎ listrik. Hal tersebut dilakukan General Manager PLN Disjaya M. Ikhsan Asaad saat ‎aksi sosial khitanan massal bagi anak-anak Jakarta dan sekitarnya‎.‎

Ikhsan mengimbau orang tua yang hadir mendampingi anaknya peserta khitanan massal untuk tidak melakukan pencurian listrik, pasalnya hal tersebut merupakan kegiatan ilegal dan berbahaya bagi keselamatan.

"Dan juga jangan mencantol listrik,  karena itu sangat berbahaya bagi keselamatan orang di sekitar,  dan keselamatan bapak ibu sendiri. Hal tersebut adalah ilegal," kata Ikhsan, di Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Ikhsan juga mengingatkan, agar disiplin dalam menggunakan listrik, serta selalu membayar listrik tepat waktu.‎ "Ibu-ibu, Bapak-bapak, saya harapkan semua yang hadir di sini, mohon kalau bayar listrik tepat waktu, jangan sampai terlambat," tutur Ikhsan.‎

Terkait dengan aksi sosial khitanan massal bagi anak-anak Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan yang rutin diadakan tahun ke tahun ini diprakarsai oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (Lazis) PLN yang kini bertransformasi menjadi Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN.

Sebanyak 1.112 anak mengikuti kegiatan khitanan massal yang digelar PLN di 6 lokasi di Jakarta yaitu Kantor Induk PLN Distribusi Jakarta Raya (Gambir), Kantor PLN Area Pondok Kopi,  Kantor PLN Area Cengkareng, Kantor PLN Area Ciputat, Kantor Area PLN Marunda,  dan Kantor PLN Area Pondok Gede.

Masing-masing peserta khitan mendapatkan bingkisan berupa tas sekolah, uang saku senilai Rp. 500 ribu dan token listrik senilai Rp. 50 ribu. Sumber dana kegiatan dikumpulkan dari sedekah karyawan PLN Distribusi Jakarta Raya melalui pemotongan gaji setiap bulan.

"Saya berharap dengan ini,  kita dapat membantu  generasi penerus bangsa untuk tumbuh sehat baik jasmani maupun rohani dan dapat menjadi tumpuan harapan bangsa sebagai calon pemimpin masa depan. Pembentukan karakter Bangga menjadi bagian dari PLN harus dmulai sejak Dini. Bangga sudah menjadi bagian PLN dengan menikmati Listrik yang handal," tutup Ikhsan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Petugas melakukan pengecekan meteran listrik di ruang panel listrik di Kawasan Pejompongan, Jakarta, Senin (2/1). Februari, PT PLN (Persero) kembali menurunkan tarif dasar listrik (TDL) untuk 12 golongan pelanggan nonsubsidi. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

PLN Disjaya memberikan token listrik ke pelanggan, yang mau beralih dari pascabayar menjadi prabayar listrik pintar

General Manager PLN Disjaya, M. Ikhsan Asaad mengatakan, 16 unit area pelayanan di wilayah kerja PLN Disjaya memberikan token listrik kepada pelanggan yang melakukan migrasi layanan listrik dari layanan paska bayar menjadi prabayar. Ini untuk memberikan kenyamanan dan keleluasaan menikmati listrik.

"Pemberian token listrik ini didapat dari kelebihan jaminan langganan, sewaktu pelanggan memutuskan untuk menikmati layanan listrik pra bayar yang sebelumnya dilayani dengan sistem paska bayar," kata Ikhsan, di Jakarta, Rabu 20 Desember 2017.

Dia menuturkan, program ini merupakan wujud perhatian lebih PLN Disjaya kepada pelanggan, agar dapat semakin leluasa menikmati listrik sehingga momen akhir tahun menjadi lebih benderang. Selain itu, juga bertujuan untuk menyosialisaskan keunggulan listrik prabayar.

"Dapat dikatakan, pemberian token listrik ini merupakan apresiasi kepada pelanggan karena sudah beralih ke Listrik Pintar (Listrik Prabayar)," ujar dia.

Sepanjang 2017, sebanyak 29 ribu pelanggan PLN Disjaya melakukan migrasi dari listrik paskabayar ke prabayar. Dengan begitu, jumlah pelanggan pengguna listrik pintar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya per November 2017 menjadi 1.903.643.

Dia mengatakan, listrik pintar memberi berbagai keuntungan untuk pelanggan. Di samping lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik, sistem prabayar juga memiliki keunggulan seperti tidak ada rekening minimum, tidak ada petugas catat meter yang mendatangi rumah pelanggan, tidak ada sanksi pemutusan, masih banyak lagi.

"Kami mengharapkan pelanggan dapat lebih leluasa menikmati penggunaan energi listrik dengan pemberian dalam bentuk token ini. Jelang Natal dan Tahun Baru, tentunya banyak kegiatan yang ingin dilakukan para pelanggan bersama keluarga. Listrik tentu saja menjadi sumber energi dalam momen-momen kebersamaan dengan keluarga," tutur Ikhsan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Dorong Car Free Day di Jaktim Diberlakukan Tiap Pekan

Posted: 23 Dec 2017 07:30 PM PST

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menutup kegiatan Car Free Day di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Kegiatan yang berlangsung sejak pagi di kawasan tersebut hanya dirasakan warga sekali dalam sebulan.

Menurut Sandiaga Uno, hari bebas kendaraan atau car free day itu mendapat respons positif dari masyarakat. Bahkan mereka meminta kegiatan ini digelar setiap pekan, layaknya car free day di Jalan MH Thamrin hingga Sudirman.

"Secara lantang mereka meminta diteruskan kegiatan HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) di sini, kalau bisa ditingkatkan. Permintaannya seminggu sekali. Alangkah baiknya saya dorong kalau bisa seminggu sekali. Sehingga masyarakat bisa lebih hidup sehat," ucap dia, Minggu (24/12/2017).

Menurut Sandiaga, dengan diberlakukannya kebijakan tersebut, kualitas udara menjadi semakin baik. Di samping itu, UKM meningkat serta program OKE OCE juga bisa menciptakan 10.000 lapangan kerja.

"Kualitas udara khususnya di Jakarta Timur semakin baik. Kalau dilihat dari sosio ekonomi, di Jakarta Timur butuh bantuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan paling baik mendorong kegiatan UKM, UMKM dan OKE OCE bersama pemerintah. Gerakan ini bisa menaikkelaskan mereka (masyarakat akar rumput)," jelas Sandiaga.

 

Dalam rangka HUT Emas 50 Tahun KADIN DKI Jakarta, maka Kepengurusan Masa Bakti 2013 - 2018 KADIN DKI Jakarta menyelenggarakan acara

Sandi mengimbau agar setiap masyarakat turut berperan aktif membangun Kota Jakarta lewat pantunnya. Imbauan itu disampaikan Sandi melalui pantun.

"Mancing ikan sama bang Harun, ikan dapet dibawa ke rumah Pak RT. Bentar lagi kita ganti tahun, nyok sama-sama bangun kota Jakarta," ucap Sandi.

 

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Rezki Apriliya Iskandar)

Kegiatan ini juga sekaligus mensyukuri hari ibu yang jatuh pada Jumat 22 Desember 2017. Dalam acara ini, juga diisi dengan pemberian doorprize bagi masyarakat yang hadir.

Sejumlah tari tradisional juga ditampilkan siswa SMAN 81 Jakarta dan angklung dari siswa SMKN 26 Jakarta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Dipenuhi Jerawat, Gebby Vesta Terkena Azab?

Posted: 23 Dec 2017 07:30 PM PST

Ada yang tak biasa dari Gebby Vesta. Penyanyi dan DJ yang cukup kontroversial karena hobi pamer kemolekan tubuh ini sedang malu pamer wajah di Instagram. Penyebabnya, wajah Gebby Vesta dipenuhi jerawat.

Padahal biasanya, Gebby Vesta sangat hobi pamer foto maupun video. Wanita yang pernah mengaku teman kencan aktor India Virshal Karwal ini juga kerap pamer kemolekan tubuhnya di Instagram.

Wajah Gebby Vesta yang dipenuhi jerawat. (Instagram)

Namun gara-gara jerawat, Gebby Vesta harus menutup diri. Di Insta Story-nya, Gebby Vesta juga tak berani menampilkan wajah. 

Sementara itu, Gebby Vesta hanya berani mengunggah foto yang memperlihatkan sebagian wajahnya. Di foto tersebut tampak wajah Gebby penuh jerawat yang memerah.

"Ini jerawat gue sekarang. Dan anehnya cuma di pipi sebelah kiri aja yg dihajar jerawat beranak. Seumur hidup Baru kali ini jerawatan parah sampai kaya gini dan sampai nyerah ke dokter muka," tulis Gebby Vesta sebagai ketarangan foto.

"Pengen banget puasa makanan.. tapi apa daya enggak kuat iman kalau liat makanan enak," sambung Gebby Vesta.

DJ Gebby Vesta

Kolom komentar Instagram Gebby Vesta pun banjir tanggapan dari warganet. Ada yang berusaha membantu memberi solusi dengan berbagai cara. Namun yang unik, tak sedikit warganet yang berkomentar kalau jerawat yang tengah diderita Gebby Vesta merupakan azab. 

Seperti pemilik akun @ri.fu8 yang berkomentar: "@gebby.vesta_ lo yakin itu jerawat? Bukan gue su'uzon atau mistis, tapi bisa jadi kan itu penyakit kiriman dari orang yang enggak suka sama lo. Percaya enggak percaya sih beib, yang penting smangat."

Pernyataan @ri.fu8 pun diamini @awuranawur77. Ia berkomentar: "@ri.fu8 setuju dan bisa jadi. Zaman sekarang masih ada tuh yang biasa melakukan hal seperti itu."

Malah, akun @endlesslover1589 khawatir kalau jerawat yang diderita Gebby Vesta karena penyakit kelamin. "Kak @gebby.vesta_ maaf, itu kemarin saudara saya seperti itu juga. Ke dokter kulit (muka) untuk treatmen, setelah 2-4 bukan treatmen di dokter muka mana-mana gak ampuh, setelah itu hopeless ke rumah sakit terdekat tenyata gejala penyakit kulit karena kelamin dan sudah stadium 3. Disarankan untuk cek ke dokter rumah sakit kak, siapa tahu karena penyakit kelamin, sebelum telat kak."

Gebby Vesta (Instagram)

Selain artis yang kontroversial karena bernai tampil vulgar, Gebby Vesta juga dikenal memiliki banyak hatters di media sosial. Ia bahkan tak sungkan untuk melabrak dan mendatangi para haters-nya tersebut.

Gebby Vesta juga tak ragu mengakui punya musuh yang selama ini tak suka dengannya. Musuhnya tersebut bahkan berani menyebut kalau Gebby Vesta adalah waria, meski tuduhan tersebut telah ia bantah dengan tegas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Ekspresi Cristiano Ronaldo saat Gagal Taklukan Barcelona di Kandang Real Madrid

Posted: 23 Dec 2017 07:20 PM PST

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). (AP Photo/Francisco Seco)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). Pada El Clasico itu Ronaldo dan timnya kalah telak dikandang sendiri. (AP Photo/Paul White)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). Pada El Clasico itu Ronaldo dan timnya kalah telak dikandang sendiri. (AP Photo/Paul White)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo berjalan didekat wasit saat pertandingan melawan Barcelona dalam Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo berjalan didekat wasit saat pertandingan melawan Barcelona dalam Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). (AP Photo/Francisco Seco)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo setelah kehilangan kesempatan mencetak gol saat pertandingan melawan Barcelona dalam Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). (AFP Photo/Oscar Del Pozo)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo setelah kehilangan kesempatan mencetak gol saat pertandingan melawan Barcelona dalam Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). (AFP Photo/Oscar Del Pozo)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). Pada pertandingan itu Madrid kalah 0-3 dari Barcelona. (AP Photo/Paul White)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). Pada pertandingan itu Madrid kalah 0-3 dari Barcelona. (AP Photo/Paul White)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). Madrid harus menelan kekalahan atas Barcelona dengan skor 0-3. (AFP Photo/Oscar Del Pozo)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (23/12). Madrid harus menelan kekalahan atas Barcelona dengan skor 0-3. (AFP Photo/Oscar Del Pozo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terserang Stroke, Kondisi Ibunda Anisa Bahar Memprihatinkan

Posted: 23 Dec 2017 07:20 PM PST

Ibunda pedangdut Anisa Bahar, Ratna Ningsih, mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Wanita 69 tahun itu terserang stroke yang membuat kondisi kesehatannya lumpuh sebagian.‎

Anisa Bahar menyebutkan bahwa sang ibunda tak dapat menggerakkan separuh anggota tubuhnya di bagian kanan. Hal itu membuat pemilik Goyang Patah-Patah ini teramat sedih.

"Bagian kaki dan tangan kanan enggak bisa bergerak. Mulutnya juga enggak bisa bicara. Sama sekali enggak bisa ngomong," ungkap Anisa Bahar, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (23/12/2017).

 

Annisa Bahar (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anisa Bahar menjelaskan bahwa penurunan kondisi Ratna Ningsih disebabkan terjadinya penyumbatan di bagian otaknya. Dokter pun coba mencairkan penyumbatan tersebut agar dapat berjalan normal. Selain itu, ibunda Anisa Bahar kini harus makan dengan menggunakan selang.

"Masih ada penyumbatan ke otak sumbatannya. Jadi itu harus dicairkan gitu. Kemudian pasang selang buat makan yang langsung ke lambung. Jadi makannya pakai selang," tutur ibunda Juwita Bahar ini.

Annisa Bahar (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Karena kondisinya yang belum stabil, dokter pun belum bisa melakukan tindakan operasi terhadap ibunda Anisa Bahar.

"Belum (operasi). Stroke-nya memang sudah lama, sering sakit kepala dan enggak enak badan. Sempat bolak-balik rumah sakit juga, sebelum sekarang ini jadi stroke," kata Anisa Bahar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang 2017

Posted: 23 Dec 2017 07:15 PM PST

Indonesia terlibat dalam berbagai ajang olahraga internasional sepanjang 2017. Dari partisipasi mereka, sejumlah atlet nasional sukses mengukir prestasi.

Betul, Indonesia memang mencatat hasil terburuk sepanjang sejarah di SEA Games 2017. Tanah Air hanya finis di urutan kelima dengan perolehan 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu.

Beberapa target meleset. Tapi di balik keterpurukan itu, ada banyak atlet yang menorehkan capaian istimewa. Mereka pun mampu menggoreskan rekor.

Sepak bola juga jadi perhatian. Meski Timnas U-16 dan U-19 gagal merebut gelar, ada beberapa nama yang melejit.

Siapa saja atlet terbaik Indonesia sepanjang 2017? Berikut sajian Liputan6.com:

I Gede Siman Sudartawa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

I Gede Siman tampil begitu istimewa pada gelara SEA Games 2017. Dia sukses memecahkan rekor pada cabor renang gaya punggung.

Atlet asal Bali itu mencatatkan waktu 25,20 detik. Raihan itu mengalahkan atlet Singapura Quah Zhen Weng yang mencatat 25,27 detik.

Pada SEA Games 2017, dia sukses mengalungkan dua medali emas. Selain gaya punggung, Siman raih emas pada nomor 4x100 meter.

Lindswell Kwok. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Tak salah ada anggapan kalau Lindswell merupakan ratu Wushu ASEAN. Hal itu tak lepas dari prestasinya pada cabor tersebut.

Pada SEA Games 2017, dia sukses kembali merebut emas pada nomor Taijijian. Itu adalah emas keempatnya secara beruntun di SEA Games.

Istimewanya, Lindswell raih emas tahun ini di tengah cedera lutut. DIa membuktikan kalau cedera bukan penghalang untuk berprestasi.

Guntur. (Bola.com/APGIndonesia)

Guntur menjadi atlet sensasional pada ASEAN Paragames 2017. Sempat terpuruk karena tangan kirinya diamputasi karena kecelakaan, dia bangkit secara gemilang.

Atlet asal Balikpapan ini sukses menyapu bersih semua nomor pada cabor renang . Dia bahkan memecahkan rekor 100 meter gaya dada dengan catatan 1 menit 20,53 detik.

Sutan Zico. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nama Sutan Diego Armando Zico menjadi buah bibir usai tampil mengesankan bersama Timnas U-16. Zico, sapaan akrabnya, bahkan menjadi pemain muda tersubur di Asia.

Zico sempat tak dilirik Fakhri Husaini pada Piala AFF U-15. Namun, ketika dipanggil dalam kualifikasi Piala Asia U-16 2018, dia membuktikan layak diberi kesempatan.

Jebolan SSB Chelsea itu sukses mengemas 10 gol dan jadi top skorer kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Catatan ini sempat membuah heboh media-media internasional.

Triady Fauzi. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Triady juga jadi buah bibir sepanjang 2017 ini. Atlet renang asal Jawa Barat ini sukses merebut enam medali di SEA Games 2017.

Dia merebut emas nomor individual medley 200 meter, perak di tiga nomor yaitu freestyle 50 meter, butterfly 50 meter, butterfly 100 meter. Secara grup, dia menyumbang perak di nomor medley relay 4×100 meter serta perunggu di freestyle relay 4×100 meter.

Potensi Triady sudah tercium sejak PON Jabar 2016. Kala itu dia sukses meraih enam emas untuk kontingen Jawa Barat.

Egy Maulana Vikri. (Bola.com/NIcklas Hanoatubun)

Timnas U-19 memang cuma jadi juara tiga Piala AFF U-18 2017. Namun, Egy menjadi bintang di balik itu.

Pemain asal Medan tersebut menjadi yang terbaik dan menyabet gelar top scorer dengan torehan 8 golu. Keistimewaan Egy jelas merupakan kabar bahagia untuk sepak bola Indonesia.

Sebab sudah lama rasanya pemain Indonesia tak ada yang nangkring di urutan teratas pencetak gol internasional. Terlebih dia juga sukses mengikuti jejak Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane setelah dapat penghargaan Jouer Revelation Trophee Toulon Turnament 2017. (Eka Setiawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter RSSA Malang Sarankan Uang Santunan untuk Pendonor Ginjal

Posted: 23 Dec 2017 07:10 PM PST

Polemik operasi transplantasi ginjal di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), Malang, Jawa Timur, terus menggelinding. Isu dugaan jual beli organ tubuh yang melibatkan pendonor, penerima donor ginjal dan tim dokter rumah sakit itu memunculkan kisah baru.

Erwin Susilo, pasien penerima donor ginjal itu mengaku sudah memberikan uang santunan sebesar Rp 50 juta ke Ita Diana selaku pendonor. Pemberian dan nominal uang berdasarkan saran tim dokter rumah sakit itu.

Maskur, kuasa hukum Erwin Susilo mengatakan, uang santunan sudah diserahkan sebelum operasi transplantasi ginjal itu berlangsung sesuai saran dokter.

"Kata dokter santunan itu sebagai ganti karena pendonor tak bisa bekerja selama tiga bulan pascaoperasi," ucap Maskur, saat dikonfirmasi di Malang, Sabtu, 23 Desember 2017.

Ia menjelaskan, semula ada calon donor bernama Puji. Setelah cek medis, ada ketidaksesuaian dengan Erwin selaku resipien atau penerima donor, sehingga operasi tak dijalankan. Setelah itu, dokter Atma Gunawan ketua tim transplantasi RSSA Malang mengenalkan Ita Diana ke Erwin.

Keduanya menjalani serangkaian tes medis dan dinyatakan ada kecocokan, sehingga bisa operasi. Saat itulah, dokter menyarankan ada santunan yang diberikan untuk pendonor sebelum operasi dilaksanakan.

Dokter Atma Gunawan menyarankan total uang santunan untuk tiga bulan itu kepada pendonor ginjal sebesar Rp 45 juta dengan skema tiap bulan sebesar Rp 15 juta. Ditambah lagi Rp 5 juta untuk biaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi Ita selama lima tahun. Dengan demikian, total uang santunan sebesar Rp 50 juta.

"Uang diberikan tunai sebelum operasi. Ada bukti kuintansi yang memuat rinciannya," kata Maskur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Manajemen RS Saiful Anwar membantah ada jual beli organ tubuh (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Setelah memastikan santunan dibayarkan, tim dokter kemudian membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh Erwin dan Ita.

Isinya, kedua pihak siap menerima segala risiko pascaoperasi transplantasi ginjal dan tak akan menuntut bila terjadi sesuatu. Baru setelah itu operasi dilakukan tim dokter.

"Kata dokter itu sesuai peraturan Menteri Kesehatan, sudah berdasarkan standar operasional prosedur," Maskur mengungkapkan.

Pascaoperasi, Ita sekali lagi diberi uang sebesar Rp 20 juta oleh Erwin sebagai tanda terima kasih. Pemberian uang ini tanpa sepengetahuan tim dokter.

Erwin juga menanggung seluruh biaya di RSSA sebesar Rp 90 juta untuk operasi dan biaya perawatan selama di RSSA.

"Tidak ada uang yang diberikan ke dokter. Erwin hanya mengeluarkan uang untuk Ita dan biaya rumah sakit," Maskur menjelaskan.

 

Bekas sayatan operasi ginjal Ita Diana (Zainul Arifin/Liputan6.com)

Pihak Erwin pun heran saat Ita menyebut ada kesepakatan sebesar Rp 350 juta untuk donor ginjal itu. Padahal tak pernah ada kesepakatan apa pun selain santunan sesuai saran dokter.

Bahkan, Ita beberapa kali diberi uang saat berkunjung ke rumah Erwin usai operasi itu.

"Kami heran, kok bisa tiba–tiba Ita Diana menyebut ada kesepakatan uang sebesar itu. Keluarga Erwin menyesalkan ada pernyataan itu," ujar Maskur.

Ketua Tim Transplantasi Ginjal RSSA Malang, dokter Atma Gunawan saat memberikan keterangan resmi pada Jumat, 22 Desember 2017, pun membantah ada jual beli ginjal dan bekerja sesuai Permenkes tentang Penyelenggaraan Transplantasi Ginjal.

"Tidak boleh ada unsur jual beli. Kalau ternyata ada perjanjian antara keduanya, itu di luar kewenangan kami. Pascaoperasi saat itu juga tak ada tuntutan dari Ita Diana," kata Atma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Jinakan Bulls, Celtics Kembali ke Jalur Kemenangan

Posted: 23 Dec 2017 07:00 PM PST

Boston Celtics kembali ke jalur positif pada persaingan NBA 2017-2018. Kyrie Irving dan kawan-kawan menaklukkan Chicago Bulls 117-92 di TD Garden, Sabtu (23/12/2017) atau Minggu (24/12/2017) WIB.

Setelah dikalahkan Miami Heat dan New York Knicks, Celtics membukukan kemenangan ke-27 dari 36 pertandingan musim ini.

Mereka pun mengukuhkan diri sebagai tim terbaik WIlayah Timur NBA, meninggalkan Toronto Raptors (23-8).

Di lain pihak, Bulls kembali terpuruk setelah sebelumnya dalam performa baik. Sempat menyapu tujuh lawan, mereka kini tumbang berturut-turut.

Sebelum bertekuk lutut di hadapan Celtics, Bulls menyerah dari Cleveland Cavaliers. Juara NBA enam kali itu pun menjadi tim terburuk kedua di Wilayah Timur NBA dengan rapor 10-22.

Kyrie Irving. (AFP/Maddie Meyer)

Irving menyumbang 25 angka, tertinggi bagi Celtics di pertandingan ini. Dia juga mencetak tujuh assist. Jaylen Brown turut berkontribusi lewat 20 poin, disusul Jayson Tatum (13) dan Marcus Smart (11).

Di lain pihak, Bobby Portis menjadi bintang Bulls meski bermain dari bangku cadangan. Dia menciptakan 17 poin dan delapan rebound. Lauri Markkanen dan Justin Holiday menyusul dengan masing-masing mencetak 12 angka.

Celtics

Kyrie Irving 25 poin 7 assist

Jaylen Brown 20 poin

Jayson Tatum 13 poin 7 rebound

Daniel Theis 10 poin 15 rebound

 

Bulls

Bobby Portis 17 poin 8 rebound

Lauri Markkanen 12 poin

Justin Holiday 12 poin

Nikola Mirotic 9 poin 9 rebound

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Cincin Berlian yang Hilang, Sampah 12 Ton Terpaksa Dibongkar

Posted: 23 Dec 2017 07:00 PM PST

Setelah 2 jam membongkar beberapa ton sampah, 8 petugas kebersihan akhirnya menemukan cincin berlian yang tak sengaja dibuang oleh seorang wanita. Insiden itu sendiri terjadi di Provinsi Yangzhou, Jiangsu, Tiongkok.

Menurut Beijing Times, wanita yang bermarga Xia itu sedang membersihkan rumahnya pada 18 Desember saat dia tanpa sengaja membuang cincin berlian ke tempat sampah. Saat wanita itu sadar, cincin senilai 22 juta rupiah miliknya telah menghilang.

Melansir dari Shanghaiist dan seperti dilaporkan dari Beijing Times, wanita itu kemudian mencoba pergi ke departemen sanitasi setempat untuk mengajukan laporan. Sayangnya, sang direktur memberi tahunya bahwa sampah yang dikumpulkan di daerah itu telah dipadatkan.

Direktur itu meminta wanita itu kembali keesokan harinya dan memastikan sampah tersebut tidak akan dipindahkan ke tempat pembakaran. Sang direktur juga memerintahkan petugas keamanan di dekat tumpukan sampah itu untuk tidak membiarkan siapapun masuk ke dalam.

 

Karena cincin berlian seorang wanita yang hilang, petugas kebersihan terpaksa membongkar sampah seberat 12 ton untuk menemukannya

Untungnya, cincin tersebut berhasil ditemukan pada keesokan harinya setelah beberapa jam mencari dalam 12 ton sampah. Delapan petugas kebersihan dikerahkan untuk menemukan cincin tersebut. Xia yang mendengar kabar itu sangat gembira dan mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh para pekerja itu jauh lebih berharga daripada cincin berlian yang mahal.

"Mereka mengatakan bahwa mereka menemukan cincin itu dan saya pikir mereka bercanda awalnya. Saya sangat berterima kasih pada mereka. Meski cincin ini sangat berharga, tapi semangat dan kedermawanan para pekerja itu jauh lebih berharga," ujar wanita itu.

Kejadian serupa juga terjadi tahun lalu ketika seorang turis kehilangan iPhone 6-nya yang secara tak sengaja hilang di tempat sampah. Butuh waktu 3 jam bagi petugas kebersihan Shanghai menggeledah 5 ton sampah untuk menemukan ponsel pintar itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malaysia Klaim Menangkap WNI Bos Jamaah Ansourt Daulah

Posted: 23 Dec 2017 07:00 PM PST

Kepolisian Malaysia telah menangkap 20 individu terduga teroris yang diperkirakan berasal dari luar negeri.

Menurut laporan sementara, dari 20 individu tersebut, tujuh orang diantaranya berasal dari Filipina, lima dari Indonesia, dan satu dari kawasan Afrika Utara. Sisanya diduga merupakan warga negara Malaysia.

Para 20 terduga teroris itu ditangkap di tempat dan waktu terpisah dalam sebuah operasi jebakan (sting operation) yang digelar oleh aparat penegak hukum Malaysia. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (24/12/2017).

"Lokasi penangkapan meliputi Johor, Selangor, Kuala Lumpur dan Sabah dalam kurun waktu 30 November hingga 15 Desember 2017," kata Inspektur Jenderal Polisi Malaysia, Mohammad Fuzi Harun dalam sebuah keterangan pers resmi pada Jumat 22 Desember 2017.

Yang paling mengejutkan dalam operasi penangkapan itu adalah klaim otoritas Malaysia dalam menjaring salah satu pemimpin kelompok pro-ISIS yang terkemuka di Indonesia Jamaah Ansorut Daulah (JAD).

Tersangka terduga WNI itu (24 tahun) ditangkap di Pontian, Johor pada 30 November 2017.

Ia diduga terlibat sebagai dalang di balik serangan teror Bom Bandung Juli 2017, Bom Kampung Melayu Mei 2017 dan Teror Thamrin-Sarinah Januari 2016.

"Tersangka, diduga sebagai salah satu pemimpin JAD. Ia berencana untuk mengumpulkan dana di Malaysia sebelum pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS di sana," kata kata Inspektur Jenderal Polisi Malaysia, Mohammad Fuzi Harun.

Salah satu terduga teroris yang ditangkap oleh otoritas Malaysia (sumber: Handout, Kepolisian Diraja Malaysia)

Sementara itu, dari total 20 terduga teroris itu, sedikitnya 15 orang ditangkap di Sandakan, Sabah. Mereka diduga hendak memanfaatkan kawasan itu sebagai area transit untuk menyusup masuk ke Filipina guna bergabung dengan kelompok teror Abu Sayyaf di Mindanao.

Penangkapan di Sandakan pertama kali dilakukan pada tanggal 4 Desember. Saat itu, aparat Negeri Jiran menangkap empat orang terduga warga negara Indonesia, berusia sekitar 31 - 38 tahun.

Keempatnya ditangkap setelah memasuki Sandakan via Tarakan dan Nunukan, Kalimantan Utara.

Sementara itu, pada 10 Desember, aparat kembali menciduk sejumlah individu terduga teroris di Sandakan. Otoritas menangkap enam orang warga negara Malaysia dan lima warga negara Filipina, berusia sekitar 16 - 47 tahun.

Pada waktu dan tempat yang terpisah, otoritas Malaysia juga menangkap seorang warga negaranya sendiri -- berusia sekitar 46 tahun dan eks-guru -- di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

"Pelaku itu (yang ditangkap di KLIA) merupakan anggota grup WhatsApp The Rise of Jundullah. Kelompok itu diduga kuat merencanakan serangan pada The Better Beer Festival di KL, Oktober 2017 lalu," kata Mohammad Fuzi Harun.

Otoritas Negeri Jiran juga berhasil menangkap seorang terduga teroris dari Filipina yang memiliki kaitan dengan pemimpin kelompok teroris Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon. Pelaku ditangkap di Masai, Johor.

Seorang pria Filipina lain (50 tahun) yang diduga memiliki kaitan dengan Abu Sayyaf, ikut ditangkap di Kuala Lumpur. Ia diyakini tengah mencoba untuk merekrut orang Filipina di Kepang Malaysia untuk bergabung dengan Abu Sayyaf.

Polisi Malaysia juga menahan seorang pria (31 tahun) dari kawasan Afrika Utara 15 Desember di KLIA. Ia diduga melakukan aktivitas teror di negara asalnya.

"Tersangka (asal kawasan Afrika Utara) telah ditangkap sebelumnya oleh pihak berwenang Turki pada September 2016 atas keterlibatannya dengan ISIS di Irak dan Suriah. Tersangka memasuki Malaysia pada awal Desember 2017 via negara tetangga," kata Fuzi.

Tak dijelaskan dari mana negara transit pria asal kawasan Afrika Utara itu sebelum masuk ke Malaysia.

Hingga kini, seluruh tersangka masih dalam proses pemeriksaan. Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari pihak pemerintah Indonesia terkait penangkapan para terduga WNI tersebut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: