Selasa, 19 Desember 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jonghyun SHINee Ngaku Hancur dan Depresi di Surat Terakhir

Posted: 19 Dec 2017 10:05 PM PST

Anggota grup idola Korea Selatan, Kim Jong-hyun atau yang lebih dikenal sebagai Jonghyun SHINee mengembuskan napas terakhir Senin, 18 Desember lalu. Dia ditemukan tewas di apartemennya di kawasan elite Cheongdamdong, Seoul, Korea Selatan.

Pihak berwajib menyatakan penyebab kematian anggota grup idola itu adalah bunuh diri dengan menghirup gas karbon monoksida. Pihak keluarga pun mengatakan tak akan melakukan otopsi.

Dari surat yang ditulis Jonghyun untuk seorang sahabatnya, penyanyi Nine9 dari grup idola Dear Cloud, tesurat bahwa pria 27 tahun itu mengalami depresi berat. Pihak keluarga pun sepertinya telah mengetahui hal itu.

Dengan seizin pihak keluarga, Nine9 memutuskan untuk membagi surat terakhir Jonghyun ke publik. Dia mengunggahnya di Instagram. 

 

Saksikan juga video berkut ini: 

 

Jonghyun SHINee [foto: twitter]

"Aku baru kembali dari mengucapkan selamat tinggal pada Jonghyun," tulis Nine9 dalam akun Instagramnya.

"Walaupun aku melihat potretnya tersenyum di pemakaman, aku masih merasa Jonghyun akan kembali dan tersenyum, seperti semua ini hanyalah mimpi. Baru-baru ini Jonghyun berbicara padaku mengenai pikiran-pikiran kelamnya. Seolah setiap hari yang dilalui sangatlah berat. Aku mulai merasa gelisah, sehingga kuputuskan berbicara pada keluarganya dan berusaha sebaik mungkin untuk menahannya, tapi akhirnya aku hanya menunda kejadian itu, aku tak bisa menghentikannya," tulis Nine9.

Wanita 33 tahun itu masih belum bisa percaya bahwa Jonghyun telah tiada.

"Bahkan hingga kini, hal ini masih membuatku takut karena aku tak yakin apakah unggahan ini benar. Tapi Jonghyun secara pribadi memintaku untuk mengunggahnya jika dia suatu saat nanti pergi dari dunia ini. Aku berharap hari ini tak pernah datang... tapi setelah berdiskusi dengan keluarganya serta memenuhi permintaan terakhirnya, aku unggah pesan terakhirnya," Nine9 menulis keterangan dalam unggahannya, seperti dikutip dari laman Metro, Rabu (20/12/2017).

Jonghyun `SHINee` (Naver)

Begini bunyi sebagian isi surat Jonghyun yang dtujukan pada Nine9, mengutip laman Soompi.

"Di dalam, aku merasa hancur. Depresi ini perlahan menggerogoti hingga akhirnya menelanku habis. Aku tak mampu mengatasinya. Aku membenci diriku sendiri. Aku berusaha mengatasinya dengan bertahan pada kenangan dan berteriak pada diriku sendiri untuk sadar, tapi tak ada jawaban. Jika tak ada cara untuk meredakan napas yang semakin mencekik ini, lebih baik berhenti saja," tulis Jonghyun.

Dalam surat itu, Jonghyun mengatakan dia merasa kesepian. Dia merasa dirinya lah yang bertanggung jawab penuh atas hidupnya.

Seperti orang dengan depresi, Jonghyun pun merasa tak berdaya. Dia tak mampu mengubah kepedihannya menjadi kebahagiaan.

Tersirat pula bahwa Jonghyun merasa terbebani menjadi figur publik. Sulit baginya menjadi sorotan. Dia pun tak menduga bisa bertahan sejauh ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang Indonesia Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh Dunia 2017

Posted: 19 Dec 2017 10:00 PM PST

Sejak didirikan pada tahun 2002, rubrik Saturday Profile milik The New York Times berupaya mengulas orang-orang berpengaruh dari seluruh dunia, tentunya orang biasa yang mungkin belum pernah didengar pembaca.

Tokoh yang diangkat biasanya mempunyai pengalaman menarik, berbeda dan mampu melakukan hal-hal luar biasa untuk lingkungan sekitarnya. Perubahan.

Orang tersebut biasanya tidak terlibat dalam sistem pemerintahan, tidak terjun di dunia akting untuk melakoni peran sebuah film layar lebar, atau penulis buku. Subjek yang biasa diangkat dalam Saturday Profile, bisa saja, dia yang baru keluar dari penjara atau dia yang baru saja menulis novel ke-1.547-nya.

Tahun ini, Saturday Profile mengulas para perempuan yang pernah mengalami pengalaman buruk dalam hidupnya, seperti misal kekerasan, pelecehan seksual atau sejenisnya. Beberapa di antaranya menceritakan tentang momen #MeToo. Akan tetapi, mereka tidak menyerah pada kehidupan dan mengucilkan diri.

Dengan pengalaman pahit yang menimpanya, mereka bangkit dari keterpurukan dan berusaha membantu orang lain, terutama mereka yang mengalami kejadian serupa.

Seperti misal kisah Henda Ayari, seorang warga negara Prancis yang tinggal di kawasan Afrika Utara. Henda merupakan seorang aktivis anti-Salafi. Dia mengaku telah diperkosa oleh seorang profesor ternama dari Oxford University.

Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom, seorang pendukung "kebijakan luar negeri feminis", 'blak-blakan' kepada jurnalis New York Times tentang pelecehan yang dialaminya saat masih muda. Kala itu, ia dipaksa berhubungan badan oleh kekasihnya dan selama ini dia bungkam atas insiden itu.

Profil favorit New York Times tahun ini adalah kisah Yu Xiuhua, yang kini menjadi salah satu penyair China yang karyanya paling banyak dibaca. Dia adalah penderita cerebral palsy (lumpuh otak) dan tinggal di sebuah kawasan peternakan selama 41 tahun. Dia gemar menulis, meski tak lulus SMA. Bahkan, dia mengaku bisa menulis sebelum bisa membaca.

Sekarang, dia kerap diundang ke berbagai acara untuk menjadi pembicara utama, seperti misal di Stanford University. Meski demikian, dia menolak dibandingkan dengan Emily Dickinson.

Kesebelas perempuan paling berpengaruh di dunia yang masuk dalam majalah New York Times, Selasa 20 Desember 2017 -- salah satunya datang dari Indonesia -- adalah Manal al-Sharif, Emma Morano, Margot Wallstorm, Henda Ayari, Olive Yang, Asli Erdoğan, Letizia Battaglia, Yu Xiuhua, Alice Schwarzer, Maryam Sharif, dan istri dari mendiang Gus Dur Sinta Nuriyah.

Berikut kisah lima di antara 11 wanita paling berpengaruh di dunia untuk tahun 2017: 

Manal al-Sharif, seorang aktivis hak-hak perempuan di Arab Saudi, sedang berada di Central Park saat melakukan tur untuk memoar barunya. (New York Times)

Manal Al-Sharif adalah seorang aktivis yang memperjuangkan hak-hak perempuan di negara asalnya, Arab Saudi. Pada bulan Mei 2011, Al-Sharif memfilmkan dirinya mengendarai mobil di Saudi, dimana seluruh kaum hawa dilarang mengemudi.

Dia mengunggah videonya di YouTube, meminta para wanita untuk berpartisipasi dalam kampanyenya "Women2Drive" pada tanggal 17 Juni tahun itu. Viral, video tersebut diputar lebih dari 700.000 kali dalam satu hari. Tapi kemudian, dia dipenjara selama sembilan hari karena kampanyenya itu.

Al-Sharif diakui sebagai salah satu dari "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia" oleh Arabian Bussines. Dia juga dianugerahi Vaclav Havel Prize untuk kategori Creative Dissent dalam acara Oslo Freedom Forum. Al-Sharif adalah konsultan keamanan IT wanita pertama di Saudi.

Dia bekerja untuk perusahaan minyak Saudi, Aramco, selama 10 tahun.

Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom, saat berbicara di Majelis Umum PBB pada bulan September. (Reuters/New York Times)

Margot Wallström,  adalah salah satu diplomat top Swedia. Selama masa jabatannya di PBB, dia membanggakan anggota lainnya karena "vokal" meyuarakan hak-hak para perempuan di dunia, termasuk mereka yang dianiaya, diperkosa, dan disiksa.

Sebagai seorang Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom berhasil melepaskan diri dari kekerasan yang mencengkeramnya pada usia 20-an. Dia kemudian mengubah pandangan hidupnya mengenai posisi perempuan di mata lelaki.

Henda Ayari yang juga merupakan seorang aktivis penentang Islam radikal. (New York Times)

Henda Ayari menciptakan "badai" saat dia mengecam gerakan Islam radikal. Dalam kampanye #MeToo, dia mengaku telah diperkosa oleh seorang profesor Oxford University, Tariq Ramadan.

Ayari menuduh Ramadan, yang juga cucu pendiri Ikhwanul Muslimin, memperkosa dan melakukan pelecehan seksual di kamar hotel di Paris pada tahun 2012. Sementara itu, pengacara dari pihak Ramadan mengatakan bahwa kliennya menolak tuduhan tersebut. Ia mengajukan keberatan dan menyebutnya sebagai fitnah.

Ayari yang kini berusia 40 tahun telah menjadi penulis. Wanita keturunan Tunisia-Aljazair itu saat ini memimpin Libératrices, sebuah badan amal pendukung perempuan yang mengalami kasus kekerasan, serta ditundukkan oleh ekstremisme Islam.

Ayari baru-baru ini menulis sebuah buku berjudul "I Chose to be Free" tentang pelariannya dari Salafisme di Prancis. Dalam buku itu, Ayari menyebutkan seorang intelektual Islam yang memperkosanya dan menyebutnya sebagai "Zubair". Ternyata intelektual Islam tersebut -- menurut klaimnya -- tak lain adalah Tariq Ramadan.

Ayari telah menerbitkan buku itut untuk menceritakan kisah hidupnya, tentang bagaimana dia memutuskan untuk meninggalkan Salafi dan melepaskan jilbabnya agar bisa hidup sebagai seorang Muslim yang "bebas".

Asli Erdogan di kantor penerbitnya bulan lalu, di Istanbul. Baru saja dibebaskan dari penjara, penulis Turki tersebut sedang menunggu persidangan. (New York Times)

Aslı Erdoğan adalah seorang novelis terkenal dan aktivis hak asasi manusia di Turki. Dia juga seorang kolumnis untuk surat kabar Özgür Gündem, seorang oposisi pro-Kurdi, dan anggota dewan penasehat. Pada tanggal 16 Agustus 2016, Erdoğan ditahan oleh polisi Istanbul. Penahanannya terjadi bersamaan dengan penangkapan lebih dari 20 jurnalis Özgür Gündem.

Pada tanggal 23 November 2016, sebuah pengadilan di Istanbul menjatuhkan tuntutan untuk melawan Erdoğan. Namun, tuduhan terorisme masih diberlakukan untuknya dan dakwaan tersebut membuat dirinya dijatuhi hukuman seumur hidup.

Pada tanggal 29 Desember, saat persidangan dibuka, Erdoğan mendapat pembebasan bersyarat. Dia dibebaskan dengan syarat dilarang bepergian pada malam hari.

Larangan perjalanan tersebut kemudian dicabut untuk dua orang, yaitu Erdoğan dan rekannya Necmiye Alpay pada 22 Juni 2017. Tanggal persidangan berikutnya ditetapkan pada 31 Oktober 2017.

Selama mendekam dalam tahanan, Aslı Erdoğan kerap menulis tentang isu-isu kontroversial seperti penyiksaan, pelanggaran hak asasi manusia di penjara, kekerasan terhadap perempuan, dan hak Kurdi.

Özgür Gündem didirikan pada tahun 1992 dan sering melaporkan konflik Kurdi-Turki. Koran tersebut sering diselidiki dan dibredel. Banyak wartawannya ditangkap oleh otoritas setempat.

Sinta Nuriyah di rumahnya di Jakarta, Indonesia, dekat dengan patung suaminya, mantan Presiden Abdurrahman Wahid, yang meninggal pada tahun 2009. (New York Times)

Semasa hidupnya, mantan ibu negara Sinta Nuriyah dinilai sebagai feminis yang aktif menyebarluaskan toleransi. Dia adalah istri dari Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Sinta Nuriyah merupakan pendiri sekaligus pengelola Puan Amal Hayati, sebuah lembaga sosial-kemanusiaan yang memiliki kepedulian terhadap pemberdayaan kaum perempuan dan anak. Lembaga yang didirikan di Jakarta 3 Juli 2000 ini banyak fokus pada kampanye dan upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Aktivitas Sinta Nuriyah memang tak bisa dipisahkan dengan aktivitas suaminya. Meskipun Gus Dur telah meninggal, Sinta tetap konsisten seperti suaminya yang selalu menyuarakan Hak Asasi Manusia, pemberdayaan perempuan, dan kebebasan beragama.

Ia juga bergabung dalam beberapa organisasi, yaitu menjadi anggota Kongres wanita Indonesia (Kowani) dan anggota Komite Nasional Kedudukan wanita Indonesia (National Commission on the Status of Women).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswi Cantik Mencuri Tas di Toko Batik

Posted: 19 Dec 2017 10:00 PM PST

Mahasiswi cantik asal Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, bernama Elvira Rosa Setyowati harus mendekam di tahanan Polresta Solo. Gadis berusia 19 tahun yang biasa dipanggil Elsa itu terlibat kasus pencurian tas di salah satu toko batik di Laweyan, Solo.

Elsa yang merupakan mahasiswi sebuah universitas swasta di Semarang itu mencuri pada Agustus silam. Mahasiswi cantik itu nekat mencuri karena diperintah oleh Muhammad Umar alias Mamat yang merupakan warga Kelurahan Sukamukti, Kecamatan Ketapang, Kota Bandung.

Perkenalan Elsa dengan Mamat terjadi pada pertengahan tahun ini di Semarang. Setelah saling kenal, ia mengaku diajak Mamat untuk pergi jalan-jalan ke Kota Solo.

Nah, saat bermain di kota kelahiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu, bekal uang saku mereka habis. "Tahu-tahu uangnya sudah habis," ucap Elsa, di Mapolresta Solo, Selasa, 19 Desember 2017.

Elsa menuturkan, ajakan mencuri itu berasal dari Mamat. Selanjutnya, ia memintanya untuk bertugas mengambil tas milik pengunjung toko yang sedang sibuk berbelanja batik.

Sedangkan, Mamat sendiri dalam aksinya itu berperan sebagai orang yang berpura-pura memilih batik serta menawarkan handphone kepada korban.

Begitu korban lengah, mahasiswi cantik itu langsung mengambil tas milik korban. Selanjutnya, mereka berdua langsung kabur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

Ilustrasi pencurian. (Foto: iStock).

Tak hanya di Solo, mereka berdua melakukan aksi serupa di daerah Sukoharjo dan Pekalongan. Di Sukoharjo, pelaku berhasil membawa lari tas berisi uang Rp 20 juta.

Sedangkan di Pekalongan, para pelaku berhasil menggondol peralatan kamera digital dan handphone. Dalam aksinya, Elsa hanya memperoleh imbalan senilai Rp 500 ribu.

"Saya tidak dikasih tahu isinya tas apa. Kalau pengakuannya ke saya, selalu bilang jika isinya cuma sedikit," ujar Elsa.

Ia pun mengaku hanya dikasih uang Rp 500 ribu. "Uang itu saya gunakan untuk membeli pakaian dan celana. Sedangkan sisanya digunakan untuk makan sehari-hari," jelasnya.

Adapun Kasat Reskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi, mengatakan penangkapan mahasiswi pelaku pencurian itu berawal dari hasil rekaman CCTV di toko batik. Sedangkan pelaku lainnya, Mamat, sempat viral di YouTube saat terkena tilang dalam operasi lalu lintas Ditlantas Polresta Semarang.

"Dia memang sempat viral di YouTube karena tingkah lakunya seperti waria saat kena tilang," katanya.

ilustrasi pencurian ponsel. (Gizmodo)

Munculnya video tersebut menyebabkan petugas Satreksrim Polresta Solo bergerak untuk mencocokkan wajah yang terekam di CCTV dengan wajah di video yang viral di YouTube.

"Setelah kita cocokkan wajah pelaku dengan rekaman yang saya pegang, kok ternyata tingkat kemiripannya mencapai 80 persen," kata Agus.

Polisi kemudian mencari dua pelaku pencurian di toko batik di Solo. Tiba-tiba muncul kabar bahwa pelaku laki-laki telah berhasil ditangkap jajaran Polres Sragen dalam kasus perampokan toko emas di Sragen.

Sementara itu, pelaku pencurian yang berparas cantik itu ditangkap polisi di Semarang. "Penangkapkan pelaku yang pria dilakukan di Bandung oleh Polres Sragen," ucap dia.

Dari tangan Elsa, polisi menyita sejumlah barang bukti, di antaranya sebuah handphone, pakaian, dan celana hasil pencurian itu.

"Elsa dijerat dengan Pasal 353 KUHP tetang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara," sebut Agus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transaksi Harbolnas 2017 Tembus Rp 4,7 Triliun

Posted: 19 Dec 2017 10:00 PM PST

Perhelatan pesta diskon Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2017 sukses digelar 12 Desember 2017. Sebanyak 254 situs belanja online dari berbagai kategori berpartisipasi memberikan promosi dan diskon hingga 95 persen.

Merujuk pada keterangan resmi yang diterima, berdasarkan data Nielsen, total transaksi Harbolnas 2017 menyentuh angka Rp 4,7 triliun.

Data yang sama juga menyebut, pada Harbolnas tahun ini terdapat kenaikan rata-rata penjualan hingga 4,2 kali untuk 254 e-Commerce dibandingkan hari biasanya.

"Pada, Harbolnas tahun ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpartisipasi baik sebagai konsumen maupun sebagai seller. Tidak ketinggalan berbagai pihak yang menjadi bagian dari ekosistem digital juga turut merasakan euforia ajang belanja online nasional terbesar ini," kata Ketua Panitia Harbolnas 2017 Achmad Alkatiri dalam keterangannya.

Director Consumer Insight Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri mengatakan nilai transaksi Harbolnas 2017 mencapai Rp 4,7 triliun. "Angka ini meningkat Rp 1,4 triliun dibandingkan tahun 2016," katanya.

Adapun peningkatan nilai transaksi ini didukung oleh adanya peningkatan transaksi di luar pulau Jawa yang meningkat 82 persen.

Hasil survei Nielsen juga menyebut, sbanyaj 68 persen konsumen yang berbelanja di Harbolnas sudah biasa belanja online. Mayoritas dari mereka bahkan mengatakan, Harbolnas 2017 lebih baik ketimbang 2016.

Tahun ini, ada 27 persen konsumen yang pertama kali belanja di acara Harbolnas. Sementara, 5 persen konsumen merupakan orang-orang yang pertama kali berbelanja online.

Ilustrasi belanja dengan smartphone.

Data Nielsen juga menunjukkan, dari keseluhan konsumen yang berbelanja di Harbolnas 2017, 77 persen konsumen berbelanja menggunakan perangkat mobile, baik smartphone maupun tablet.

Selain itu, sebagian besar dari mereka juga mulai meninggalkan browser dalam berbelanja dan beralih ke aplikasi.

Lembaga survei pasar itu juga mengungkap, seiring dengan Harbolnas 2017 yang jatuh di hari kerja, aktivitas belanja online pun mengalami pergeseran.

Jika tahun lalu konsumen cenderung berbelanja online pada pukul 09.00-12.00, tahun ini konsumen banyak yang berbelanja sejak pukul 15.00-21.00.

Lebih lanjut, Achmad mengatakan, kini makin banyak konsumen yang mencoba transaksi online. Untuk itu, dia berharap agar konsumen lebih paham dan cermat dalam belanja dan bertransaksi online berikutnya.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Mahasiswa Ini Buat Tugas Akhir tentang Anggun C. Sasmi

Posted: 19 Dec 2017 10:00 PM PST

Meski telah lama tinggal di luar negeri, namun popularitas Anggun C Sasmi di Indonesia tak pernah pudar. Usaha Anggun yang selalu menjaga hubungan baik dengan fansnya baik di Indonesia maupun dari negara lain, terbukti manjur. Sebagai buktinya, lagu-lagu yang dirilis oleh Anggun selalu laris di pasar Indonesia maupun mancanegara.

Uniknya, saking cintanya pada Anggun, seorang fans yang masih berstatus mahasiswa sampai-sampai menulis tugas akhir yang meneliti metafora dalam lirik lagu Anggun. Malahan, setelah tugas akhirnya selesai, mahasiswa itu meminta Anggun untuk menandatangani skripsinya tersebut.

Hal ini diceritakan oleh @_otit di akun Twitter-nya. Menurut dia, saat Anggun launching album baru di Malaysia, temannya memberi tahu kalau seorang penggemar Anggun datang dari Medan dengan skripsi tentang artis cantik berambut panjang itu. Malahan, tugas akhir mahasiswa itu kemudian ditandatangani oleh Anggun sebagai bentuk apresiasi.

Judul thesis/skripsi/tugas akhir mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Harapan, Medan itu yakni An Analysis on Metaphor of Anggun C. Sasmi's Luminescence Album. Tampaknya, mahasiswa bernama Muhammad Alfi Syahri itu telah menyelesaikan skripsi itu pada tahun 2012 tapi baru sempat menemui Anggun pada tahun 2017.

 

Seorang mahasiswa membuat tugas akhir tentang Anggun C. Sasmi

Di atas skripsi tersebut, Anggun memberikan pesannya pada Alfi: "Alfi, alhamdulillah sukses skripsinya." Anggun juga membubuhkan tanda tangannya di atas skripsi tersebut.

 

Tak hanya ditandatangi oleh Anggun, Alfi pun berkesempatan foto bareng dengan Anggun. Menurutnya, ia mendapat akses eksklusif bertemu dengan Anggun karena tugas akhirnya itu.

Seorang mahasiswa membuat tugas akhir tentang Anggun C. Sasmi

Warganet sendiri menanggapi hal tersebut dengan takjub. Menurut mereka, tugas akhir yang ditandatangani oleh subjek penelitian tersebut sangat jarang terjadi. 

"Wow, dijadiin judul skripsi," tulis akun @_BagusSatriadi_

"Kreatif..." tulis akun @MmargDeMaj.

Menarik ya... Mungkin kamu juga bisa tiru jejaknya?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Rilis Perpres Badan Pengelola Keuangan Haji, Ini Isinya

Posted: 19 Dec 2017 10:00 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengeluarkan kebijakan tentang Badan Pengelola Keuangan Haji. Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 110 Tahun 2017 tentang Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada 11 Desember 2017.

Melansir laman Sekretariat Kabinet, Selasa (201/2/2017), dikeluarkannya beleid ini, dengan pertimbangan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 28 ayat 4, Pasal 30 ayat 4, dan Pasal 33 ayat 3 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji.

Pasal 37 Perpres ini menegaskan, Peraturan Presiden Nomor 110 Tahun 2017 ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yaitu 12 Desember 2017 oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly.

Perpres menyebutkan jika BPKH merupakan badan hukum publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji. BPKH sebagaimana dimaksud pada ayat 1 bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri (yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama).

"BPKH sebagaimana dimaksud berkedudukan dan berkantor pusat di ibu kota negara Republik Indonesia, dapat memiliki kantor perwakilan di provinsi dan kantor cabang di kabupaten/kota," bunyi Pasal 4 ayat 1 dan 2 Perpres.

Menurut Perpres ini, organ BPKH terdiri atas Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas. Ini paling sedikit terdiri atas 5 orang anggota yang berasal dari unsur profesional, yang diangkat dan diberhentikan Presiden.

Anggota Badan Pelaksana, menurut Perpres ini, diangkat untuk jangka waktu 5 tahun dan dapat diusulkan untuk diangkat kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya.

"Anggota Badan Pelaksana sebagaimana dimaksud dipilih oleh panitia seleksi yang dibentuk oleh Presiden," bunyi Pasal 6 ayat 4 Perpres ini.

Adapun Dewan Pengawas, menurut Perpres ini, terdiri atas 7 orang anggota yang berasal dari unsur profesional. Dewan Pengawas sebagaimana dimaksud terdiri atas 2 orang dari unsur pemerintah dan 5  orang dari unsur masyarakat.

Anggota Dewan Pengawas yang berasal dari unsur pemerintah terdiri atas, 1 orang dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan 1 orang dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan.

Sedangkan Anggota Dewan Pengawas yang berasal dari unsur masyarakat, menurut Perpres ini, dipilih panitia seleksi yang dibentuk oleh Presiden.

 

 

Pasal 9 Perpres ini menyebutkan, Badan Pelaksana memiliki fungsi perencanaan, pelaksanaan, serta pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan haji.

Untuk melaksanakan fungsi perencanaan keuangan haji sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, Badan Pelaksana bertugas merumuskan kebijakan, menyiapkan rencana strategis dan menyiapkan rencana kerja dan anggaran tahunan, pengelolaan keuangan haji.

Selanjutnya rumusan kebijakan sebagaimana dimaksud wajib disampaikan kepada Dewan Pengawas untuk mendapatkan penilaian dan persetujuan.

"Dalam hal Dewan Pengawas menyetujui rumusan kebijakan sebagaimana dimaksud, Badan Pelaksana menetapkannya menjadi kebijakan pengelolaan keuangan haji," bunyi Pasal 11 Ayat 2 Perpres ini.

Perpres ini juga menyebutkan, Badan Pelaksana wajib menyampaikan rancangan rencana strategis kepada Dewan Pengawas untuk mendapatkan penilaian dan persetujuan. Rancangan rencana strategis yang telah mendapatkan penilaian dan persetujuan dari Dewan Pengawas sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, diajukan oleh Badan Pelaksana kepada Dewan Perwakilan Rakyat untuk mendapatkan persetujuan.

"Rancangan rencana strategis yang telah mendapatkan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat sebagaimana dimaksud, ditetapkan oleh Badan Pelaksana menjadi Rencana Strategis Pengelolaan Keuangan Haji," bunyi Pasal 13 ayat 4 Perpres ini.

Mengenai rancangan rencana kerja dan anggaran tahunan, menurut Perpres ini, wajib diajukan oleh Badan Pelaksana kepada Dewan Pengawas untuk mendapatkan penilaian dan persetujuan.

Selanjutnya, rancangan rencana kerja dan anggaran tahunan yang telah mendapatkan penilaian dan persetujuan dari Dewan Pengawas sebagaimana dimaksud diajukan oleh Badan Pelaksana kepada Dewan Perwakilan Rakyat untuk mendapat persetujuan.

"Rancangan rencana kerja dan anggaran tahunan yang telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat, ditetapkan oleh Badan Pelaksana menjadi rencana kerja dan anggaran tahunan pengelolaan keuangan haji," bunyi Pasal 15 Ayat 3 Perpres ini.

Rencana kerja dan anggaran tahunan pengelolaan keuangan haji sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, mulai berlaku tanggal I Januari sampai dengan tanggal 31 Desember.

Untuk melaksanakan fungsi pelaksanaan, menurut Perpres ini, Badan Pelaksana bertugas,  melaksanakan program pengelolaan keuangan haji yang telah ditetapkan serta rekomendasi atas hasil pengawasan dan pemantauan dari Dewan Pengawas.

Kemudian melakukan penatausahaan pengelolaan keuangan haji dan aset BPKH sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, menetapkan ketentuan teknis pelaksanaan operasional BPKH dan menyelenggarakan administrasi pengelolaan Keuangan Haji sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara untuk melaksanakan fungsi pertanggungjawaban dan pelaporan Keuangan Haji, menurut Perpres ini, Badan Pelaksana bertugas, menyusun laporan kinerja dan laporan keuangan secara bulanan, triwulan, semester, dan tahunan. Serta, menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pengelolaan keuangan haji.

"Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pengelolaan keuangan haji yang disusun berkala secara bulanan, triwulan, dan semester menjadi bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan haji kepada Presiden dan DPR melalui Menteri setiap 6 (enam) bulan," bunyi Pasal 17 Ayat 2 Perpres ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sergio Ramos: Real Madrid Wajib Menangi El Clasico

Posted: 19 Dec 2017 10:00 PM PST

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, menyebut laga kontra Barcelona pada laga pekan ke-17 La Liga, di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017) sangat krusial. Dia menegaskan timnya wajib mendulang kemenangan untuk menjaga asa meraih gelar juara. 

Real Madrid tampil inkonsisten sejak bergulirnya kompetisi La Liga musim ini. Dari 15 laga yang telah dijalani, mereka mengalami dua kekalahan dan empat hasil imbang.

Skuat Zinedine Zidane hanya mendulang 31 poin dan duduk di peringkat keempat klasemen sementara. Mereka terpaut 11 angka dari Barcelona yang menghuni urutan teratas.

Real Madrid memiliki kesempatan memangkas jarak saat bersua Barcelona jika meraih hasil positif. Ramos pun mengimbau kepada rekan-rekannya untuk menjaga fokus karena El Clasico adalah laga yang spesial.

"El Clasico nanti akan menjadi pertandingan yang hebat. Tidak ada satu kalimat pun yang bisa mendeskripsikan El Clasico. Pertandingan itu sangat bereda. Itu merupakan pertandingan terpenting di dunia," kata Ramos.

"Sekarang kami berkewajiban untuk menang lebih dari sebelumnya karena situasi yang tengah dihadapi. Kemenangan wajib diraih untuk tetap berjuang meraih trofi La Liga," ujar Ramos.

Real Madrid bersiap menurunkan kekuatan maksimal saat menjamu Barcelona. Saat ini seluruh skuat Zinedine Zidane berada dalam kondisi fit dan siap bermain sejak menit pertama.

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gracia Indri Nafkahi David NOAH Rp 300 Ribu hingga Puluhan Juta

Posted: 19 Dec 2017 10:00 PM PST

Konflik Gracia Indri dan David NOAH kian pelik. Usai gugatan cerainya di batalkan Pengadilan Negeri Bandung karena kesalahan administrasi, pihak Gracia Indri kembali melayangkan gugatan cerainya ke Pengadilan Negeri Bale Bandung, Jawa Barat.

Berbeda dengan gugatan sebelumnya, Gracia Indri kini berani membuka semua masalah rumah tangganya dengan David NOAH. Pengacara Gracia Indri, Rohman Hidayat bahkan tak ragu menyebut David NOAH selama ini dinafkahi hidupnya oleh Gracia Indri.

"Selama ini yang menafkahi David adalah Gracia. Buktinya ada," kata Rohman Hidayat saat dihubungi, Rabu (20/12/2017).

 

Bahkan, saat itu David dengan nada tinggi ingin menyelesaikan urusan rumah tangganya dalam satu hari. Tapi kini, keingiannya berubah. David ingin mempertahankan rumah tangganya dengan Gracia. (Instagram/graciaz14)

Rohman menuturkan bahwa kliennya memberikan nafkah rutin kepada David NOAH dengan jumlah yang bervariasi. Ia memiliki bukti transfer uang kepada David NOAH dengan nominal Rp 300 ribu hingga puluhan juta rupiah.

"Dari mulai yang puluhan juta sampai Rp 300 ribu itu ada bukti transfernya dari Gracia Indri ke David. Ini bukan dari David ke Gracia ya, jadi apalagi yang dipertahankan?" ujar Rohman Hidayat.

 

Gracia Indri (Deki Prayoga/bintang.com)

Kemudian, Rohman Hidayat tak melihat adanya upaya David NOAH mempertahankan pernikahannya dengan Gracia Indri. Hal itu yang kemudian memperkuat keinginan Gracia Indri untuk bercerai.

"Setelah mediasi terakhir, enggak ada upaya David untuk memperbaiki rumah tangganya dengan Gracia. Alasannya handphone ganti, padahal kan gampang dong bisa cari rumahnya," ucapnya. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Siapkan Baju Pengantin, Hubungan Asmara Awkarin Malah Kandas?

Posted: 19 Dec 2017 10:00 PM PST

Selangkah lagi menuju jenjang pernikahan, hubungan asmara Awkarin dan Alfi Asyari dikabarkan kandas di tengah jalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transmisi Cortez Pakai i-AMT Bukan CVT, Ini Alasan Wuling

Posted: 19 Dec 2017 09:50 PM PST

Wuling Motors Indonesia kembali memberikan kejutan di pasar otomotif Tanah Air. Setelah menghadirkan LMPV dengan harga terjangkau, pabrikan asal Tiongkok ini kembali memperkenalkan MPV keduanya, Wuling Cortez, dengan fitur yang berlimpah.

Meskipun memiliki modal yang sangat cukup untuk bersaing di kelas MPV medium, tapi Wuling hanya membenamkan transmisi i-AMT. Pasalnya, mobil untuk di kelas MPV medium, banyak yang menggunakan transmisi otomotis penuh, seperti CVT.

Dijelaskan Arief Ramadhi, Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia, dengan transmisi i-AMT, pihaknya ingin memberikan banyak pilihan mode berkendara.

"Kalau konsumen tidak mau capek, bisa pilih otomatis lima percepatan, dan saat mau lebih fun to drive bisa pilih manual dengan lima percepatan," jelas Arief saat berbincang dengan wartawan di Sentul, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, ketika ditanya karakter i-AMT saat perpindahan gigi yang tidak lebih halus dibandingkan CVT, pihak Wuling tetap berkilah sistem transmisinya memiliki cukup keunggulan.

"Silahkan rasakan sendiri, bagaimana transmisi i-AMT kita bekerja. Dengan tranmisi ini, jadi memberikan banyak pilihan berkendara untuk konsumen," tegasnya.

Selain itu, Wuling Cortez juga memiliki dua mode berkendara, yaitu Eco, dan Sport. "Untuk konsumen yang mau berkendara lebih irit, bisa pakai Eco, sedangkan yang mau lebih agresif, bisa pakai Sport. Saat pengendara juga mau lebih full mengendalikan kendaraan, bisa pakai manual," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Menggunakan mesin DOHC empat silinder VVT-i berkapasitas 1.798 cc. (Arief/Liputan6.com)

Wuling Motors Indonesia resmi memperkenalkan mobil keduanya, Wuling Cortez. Mobil keluarga medium dari Tiongkok ini, hadir sebagai penantang langsung MPV medium yang sudah menguasai pasar Indonesia, Toyota Innova.

Namun menarik, ketika diperlihatkan di hadapan media otomotif nasional, Senin (19/12/2017), Wuling hanya membawa Cortez dengan mesin 1.800 cc. Padahal, Toyota Innova sendiri dipersenjatai dengan mesin yang lebih besar, berkapasitas 2.000 cc.

Dijelaskan Taufik S Arief, Aftersales Director Wuling Motors Indonesia, mesin 1,8 liter ini, sudah sesuai dengan survei yang dilakukan pihaknya di pasar otomotif nasional.

"Saya pikir, seperti yang sudah dijelaskan, mesin berkapasitas 1.800 cc ini menghasilkan tenaga yang cukup besar, yaitu 129 Tk. Selain itu, benefit lainnya juga dari segi ekonomi, ditambah dengan fitur yang sangat banyak," jelas Taufik saat berbincang dengan wartawan, belum lama ini.

Sementara itu, menurut Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, dengan menggunakan mesin 1.800 cc ini memang membuka segmen baru. Artinya, untuk yang benar-benar bersaing dengan Wuling Cortez.

"Pasar baru, segmen baru, iya. Sebagai mobil MPV tengah, dan beberapa fitur canggih segala macam kita tetap percaya diri," jelas Dian saat berbincang dengan Liputan6.com, di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Saat berbicara terget, pihak Wuling Motors Indonesia memang belum menetapkan harga untuk Wuling Cortez ini, Namun, pihak Wuling tetap percaya diri dengan yang ditawarkan Cortez, seperti fitur, kenyamanan, dan performa.

"Kita sih belum set target, namun bisa 50:50 target. Tapi bisa juga lebih tinggi Wuling Cortez, kita lihat respons pasar," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-detik Terakhir Sebelum Jonghyun SHINee Meregang Nyawa

Posted: 19 Dec 2017 09:50 PM PST

Rekaman CCTV yang dirilis media di Korea memperlihatkan jam-jam terakhir sebelum Jonghyun SHINee mengembuskan napas terakhirnya.

Dalam video yang dirilis SBS, sang penyanyi tampak berjalan menuju sebuah toserba. Menurut pemilik toko, Jonghyun membeli sebungkus rokok, soda, dan beberapa makanan ringan.

Dalam sebuah potongan video, Jonghyun terlihat berada di dekat tempat pembayaran toserba.

Sementara itu, pihak keamanan apartemen berbicara pada media mengenai obrolannya bersama Jonghyun setelah pelantun "Hello" itu meninggalkan toserba.

"Setelah memakirkan mobilnya di lantai B1, dia berdiri di depan toserba yang berada di lantai yang sama sangat lama. Setelah memeriksa beberapa lama, dia masuk ke mobilnya dan berkendara menuju jalan raya," kata petugas yang tak disebutkan namanya itu.

"Jonghyun menginjak pedal gas begitu keras hingga menimbulkan suara sangat keras. Sesaat kemudian segalanya menjadi sepi. Lalu, mobil masuk lagi ke tempat parkir," imbuh dia seperti dilansir Koreaboo. (Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews) 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Poppy Sovia Jalani Foto Prewedding di Halte Transjakarta

Posted: 19 Dec 2017 09:50 PM PST

[Poppy Sovia](2675183/ "") sebentar lagi akan melepas masa lajangnya dengan Ahmad Gussaoki (Oki) pada pertengahan tahun 2018. Keduanya pun telah melakukan foto prewedding di halte bis Transjakarta, seperti yang terlihat dalam video yang telah beredar luas di dunia maya.

Menurut Poppy, ia punya alasan sendiri mengapa memilih Trans Jakarta sebagai tempat mengabadikan momen jelang pernikahannya.

"Saya juga pengguna sarana umum. Kalau pun nanti di Jakarta makin banyak mobil dan jalanannya enggak berubah, terus semua orang merasakan stuck di jalan raya, aku yakin semua orang akan taruh mobilnya di rumah. Terus pelan-pelan lagi kita naik kendaraan umum, ngurangin polusi," ujar Poppy Sovia kala ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

 

Tidak banyak yang tahu kisah cinta Poppy Sovia dengan Ahmad Gussoki. Kisah cinta keduanya akan dilanjutkan ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. (Instagram/popsovia)

Lanjut [Poppy Sovia](2675183/ ""), saat ini macet makin merajalela di Jakarta. Otomatis polusi udara pun semakin menjadi, lantaran makin banyaknya kendaraan di jalan raya. Oleh karena itu, Poppy ingin mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan

"Terus pelan-pelan lagi kita naik kendaraan umum, ngurangin polusi. Maksudnya balik lagi kayak dulu," kata Poppy.

 

Poppy Sovia (Instagram)

Sebenarnya, Poppy Sovia tak mau persiapan pernikahannya menjadi konsumsi publik. Makanya Ia sempat kaget kalau momen foto prewedding-nya tersebar di media sosial.

"Sebenarnya masih ingin dirahasiakan dulu ya walaupun akhirnya sudah ter-blow-up juga," kata [Poppy Sovia](2675183/ "").

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Datangkan Ahli dari Jepang Urusi Wasit Indonesia

Posted: 19 Dec 2017 09:50 PM PST

PSSI bakal kedatangan ahli teknis urusan wasit dari Jepang pada Februari nanti. Kedatangan ahli tersebut merupakan bagian dari kerjasama PSSI dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA).

"Paling dekat itu, bulan Februari, kita akan kedatangan Technical Expert Referee, kerja di sini, membantu kita di area technical development-nya untuk wasit," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha di Jakarta.

Ratu Tisha menambahkan, PSSI bekerjasama dengan JFA dalam empat bidang. Selain urusan perwasitan, PSSI juga bekerjasama dalam hal pengembangan usia muda, kompetisi, dan pertandingan persahabatan.

"Pengembangan usia muda (youth development) untuk Football Festival dan Grasroot Festival (6-12 tahun), nah itu kita akan coba main bersama, Indonesia-Jepang," kata Ratu Tisha.

 

 

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sebagai bagian dari kerjasama ini, PSSI juga berencana mengirim wasit ke Jepang. Tujuannya, agar wasit Indonesia bisa mendapat ilmu soal perwasitan.

"Kita mungkin juga akan mengirim wasit untuk kursus di sana untuk pengalaman memimpin. Untuk tahun depan kita akan fokus di area kategorisasi wasit dan juga pengembangannya," kata Ratu Tisha.

Lebih lanjut, Ratu Tisha juga mengatakan bukan hanya Indonesia yang mengambil manfaat dari kerjasama ini. Menurutnya, pihak Jepang juga bakal mengambil manfaat dari sepak bola Indonesia.

"Jepang pun ingin meneliti area sepak bolanya Indonesia itu seperti apa. Sepak bola menjadi hal yang terus menerus digandrungi," ujar Ratu Tisha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandra Dewi Curahkan Isi Hati Jelang Kelahiran

Posted: 19 Dec 2017 09:45 PM PST

Rasa bahagia bagi seorang wanita akan terasa semakin lengkap di saat mereka telah menjadi seorang ibu. Kebahagiaan yang tak tertandingi tersebut akan menambah pengalaman tersendiri bagi setiap orang.

Menjelang Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember, Mothercare sebagai gerai penyedia kebutuhan untuk ibu hamil dan anak akan melakukan selebrasi dengan menggelar kampanye #Senangnyajadiibu.

Kampanye ini menjadi bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya mengekspresikan perasaan menjadi seorang Ibu dan orangtua. Pada penyelenggaraan kampanye ini, Sandra Dewi turut hadir untuk berbagi cerita dan pengalaman dirinya menjadi seorang ibu. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Dalam rangka kampanye #senangnyajadiibu Sandra Dewi ungkapkan isi hatinya. (Foto: Mothercare)

Menrut Ritika Dube selaku Marketing Director dari Kanmo Retail Group ,menjelaskan bahwa "Para Ibu di Indonesia sangatberuntung dapat hadir di dalam keberagaman budaya yang ada. Melalui kampanye Senangnya Jadi ibu,Mothercare menyediakan wadah bagi para Ibu untuk saling berbagi dan menginspirasi satu sama lain dalam mengasuh anak dan menyebarkan kebahagiaan menjadi seorang ibu dari berbagai latar belakangyang berbeda-beda. Kami ingin mendengar cerita Anda dan kami harap Anda dapat berbagi dengan kamidan komunitas ibu mengenai kegembiraan, ketakutan, tantangan dan juga hati Anda."

Dalam rangka kampanye #senangnyajadiibu yang akan dimulai sejak tanggal 14 Desember hingga 28 Desember 2017 mendatang di seluruh aset digital Mothercare dan juga in store maka akan mengajak para ibu dan calon ibu untuk berbagi kisah mereja dalam persiapan menjadi orangtua dan bagaimana bahagianya menjadi seorang Ibu. Tak hanya itu saja, lewat platform ini, para Ibu yang terpilih dengan cerita paling menarik akan mendapatkan hadiah spesial berupa belanja gratis di gerai Mothercare selama satu tahun, mendapatkan paket cot bed dan juga stroller Nanu di Mothercare.

Dalam rangka kampanye #senangnyajadiibu Sandra Dewi ungkapkan isi hatinya. (Foto: Mothercare)

Bahkan Sandra Dewi yang kini sedang mempersiapkan kelahiran sang buah hati pun tak segan-segan untuk berbagi cerita dengan ibu lainnya. Sandra Dewi mengungkapkan bahwa "Selama masa kehamilan, saya merasa sangat bahagia dan selalu bersyukur dengan perhatian dari suami dan keluarga. Saya selalu percaya bahwa Ibu yang bahagia berdampakpada anak yang berbahagia dan sehat. Hal itu yang membuat saya sangat antusias untuk berbagi dikampanye #senangnyajadiibu bersama ibu-ibu lainnya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airlangga: Tak Ada Faksi Lagi, Golkar Solid Hadapi Pemilu

Posted: 19 Dec 2017 09:43 PM PST

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, pengambilan keputusan pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar pada 19-20 Desember 2017 lebih cepat dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya.

"Keputusan yang diambil dalam munaslub hari ini salah satu yang tercepat yang dilakukan oleh Partai Golkar," kata Airlangga di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2017).

Menteri Perindustrian itu mengatakan, keputusan munaslub seluruhnya juga dilakukan secara aklamasi. Karena itu, dia mengharapkan adanya konsolidasi organisasi mulai tingkat pusat hingga daerah dapat dijadikan sebagai momentum kebersamaan.

"Diharapkan konsolidasi organisasi di tingkat pusat, nasional, daerah, kota, kecamatan bisa solid," ujar dia.

Tak hanya itu, Airlangga juga menyatakan munaslub ini sebagai momentum untuk kebangkitan Partai Golkar dalam mengabdi menuju tahun politik dengan tampil solid.

Hal ini untuk mematahkan anggapan adanya faksi-faksi di internal partai yang identik dengan warna kuning itu.

"Kita tidak punya kelompok-kelompok lagi, yang ada munaslub sepakat bulat dan untuk menghadapi pemilu," jelas Airlangga.

Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Golkar Idrus Marham (tengah) didampingi jajaran Fraksi Partai Golkar memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sementara itu, sempat beredar draft kepengurusan Partai Golkar yang baru. Nama Agung Laksono disebut menjadi Dewan Pertimbangan Presiden bersama Idrus Marham yang menjadi Menteri Sosial.

Keduanya disebut diminta partai untuk penempatan dan penugasan kader dalam jabatan publik. Terkait hal itu, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono mengatakan belum mendengar hal itu.

"Saya enggak tahu. Saya enggak tahu benar. Enggak ada kasak kusuk, enggak ada. Dewan Pertimbangan DPP Golkar sajalah. Belum, belum (dapat info). Kita lihat nantilah," ucap Agung kepada Liputan6.com, Rabu (20/12/2017).

Saat ditegaskan kembali apakah siap jika diminta Presiden? Dia menuturkan akan melihat perkembangan saja.

"Saya enggak ada sama sekali (kabar tersebut). Belum dengar apa-apa. Kita lihat perkembangan saja nanti," tegas Agung.

Sementara Idrus Marham saat dikonfirmasi, hanya memberikan sinyal bahwa memang ada pergantian yang membuatnya tersingkir.

"Tidak boleh di antara kita harus jadi Ketua Umum, Sekjen dan lainnya. Kan itu hanya satu. Kalau terlalu banyak mau, lalu kemudian tidak mau legowo, dan tidak mau arif melihat masalah ini, saya kira enggak bisa," tutur Idrus.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla memberi sambutan usai menyaksikan penandatanganan kesepakatan antara PMI dan BPOM di Jakarta, Senin (20/11). Kepala BPOM juga menyerahkan sertifikat cara pembuatan obat yang baik kepada PMI. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bukan hanya kedua orang itu. Mantan Ketum Golkar Jusuf Kalla atau JK disebut juga akan diangkat menjadi Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar.

Meski demikian, JK terkesan menolak untuk menduduki jabatan tersebut. Dia menyerahkan kepada yang lebih muda.

"Itu pernah saya urus dulu Golkar lama, saya kira banyak yang muda-muda," ungkap JK.

Diketahui, dalam Munaslub Golkar disebut selain mengukuhkan Airlangga Hartarto menjadi Ketum Golkar, juga dibahas masalah kepengurusan. Dimana akan terjadi revitalisasi atau pergantian kepengurusan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saham Kapitalisasi Besar Tertekan, IHSG Tergelincir 68 Poin

Posted: 19 Dec 2017 09:40 PM PST

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung tertekan sepanjang sesi pertama perdagangan saham Rabu pekan ini. Tekanan IHSG ini terjadi usai IHSG catatkan rekor tertinggi.

Pada penutupan sesi pertama, Rabu (20/12/2017), IHSG tergelincir 68,08 poin atau 1,1 persen ke posisi 6.099,58. Indeks saham LQ45 tergelincir 1,52 persen ke posisi 1.026,07. Sebagian besar indeks saham acuan tertekan.

Ada sebanyak 217 saham melemah sehingga menekan IHSG. 90 saham lainnya menguat. 110 saham diam di tempat. Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.167,43 dan terendah 6.091,05.

Total frekuensi perdagangan saham 155.329 kali dengan volume perdagangan 7,6 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4,4 triliun. Investor asing melakukan aksi beli Rp 34,55 miliar. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 13.573.

Secara sektoral, 10 sektor saham tertekan. Sektor saham aneka industri tergelincir 2,14 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor saham barnag konsumsi melemah 1,95 persen dan sektor saham manufaktur merosot 1,87 persen.

Saham-saham catatkan top gainers antara lain saham BTEK naik 27,03 persen ke posisi Rp 94, saham DWG melonjak 24,86 persen ke posisi Rp 462, dan saham CAMP mendaki 23,48 persen ke posisi Rp 610 per saham.

Sedangkan saham-saham kapitalisasi besar cenderung tertekan. Saham HMSP turun 3,3 persen ke posisi Rp 4.400, saham ASII tergelincir 2,45 persen ke posisi Rp 7.975, dan saham UNVR merosot 1,65 persen ke posisi Rp 32.850.

Investor asing banyak melakukan aksi jual saham BBCA sebesar Rp 66,17 miliar, saham BTPN sebesar Rp 32,61 miliar, dan saham BBNI sebesar Rp 12,9 miliar.

Bursa Asia pun sebagian besar tertekan. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 0,09 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi melemah 0,11 persen, indeks Shanghai susut 0,29 persen dan indeks saham Singapura melemah 0,18 persen. Sedangkan indeks saham Jepang Nikkei naik 0,15 persen dan indeks saham Taiwan menguat 0,36 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Aktifitas di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (2/11/2015). Pelemahan indeks BEI ini seiring dengan melemahnya laju bursa saham di kawasan Asia serta laporan kinerja emiten triwulan III yang melambat. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali melemah usai mencetak rekor pada penutupan perdagangan kemarin.

Pada pembukaan perdagangan saham, Rabu 20 Desember 2017, IHSG melemah 16,52 poin atau 0,27 persen ke posisi 6.515,93. Sebagian besar indeks saham tertekan. Hanya indeks DBX saja yang berada di zona hijau.

Ada sebanyak 72 saham menguat tetapi tak mampu mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 69 saham melemah. Di luar itu, 106 saham diam di tempat.

Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat di level tertinggi 6.167,43 dan terendah 6.146,15.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 12.872 kali dengan volume perdagangan 281,1 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 232,8 miliar.

Investor asing melakukan aksi beli Rp 16 miliar di seluruh pasar. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 13.573.

Secara sektoral, sebagian besar melemah. Hanya ada dua sektor yang ada di zona hijau yaitu industri dasar dan perdagangan.

Sektor saham barang konsumsi turun 0,70 persen dan catatkan pelemahan terbesar. Disusul sektor saham manufaktur melemah 0,47 persen dan sektor saham keuangan tertekan 0,44 persen.

Saham-saham yang catatkan top gainers antara lain saham JMAS naik 25 persen ke posisi Rp 370, saham MABA melonjak 25 persen ke posisi Rp 1.725, dan saham CAMP mendaki 23,48 persen ke posisi Rp 610.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham DWGL turun 11,89 persen ke posisi Rp 324, saham PSDN tergelincir 6,67 persen ke posisi Rp 280 per saham, dan saham MTWI merosot 5,30 persen ke posisi Rp 125 per saham.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Avengers: Infinity War Jadi Film Paling Ditunggu pada 2018

Posted: 19 Dec 2017 09:40 PM PST

Bukan cuma trailernya yang telah menembus lebih dari 100 juta penonton, Avengers: Infinity War tampaknya juga bakal menjadi pilihan utama para pecinta film untuk ditonton di bioskop sepanjang 2018 mendatang.

Menurut situs IMDb seperti disampaikan Movie Web, Selasa (19/12/2017), Avengers: Infinity War menjadi film paling ditunggu pada 2018 nanti. Data tersebut diambil berdasarkan para pengguna situs IMDb.

Avengers: Infinity War di trailer pertama. (Marvel Entertainment)

Di bawah Avengers: Infinity War, terdapat Black Panther dan Deadpool 2 yang juga diadaptasi dari komik Marvel. Barulah setelah itu beberapa film sekuel maupun adaptasi lainnya menjadi pilihan para pecinta film.

Suara para penggemar komik superhero DC untuk situs ini lebih sedikit ketimbang fans Marvel. Pasalnya, bertolak belakang dengan Avengers: Infinity War yang duduk di posisi pertama, Aquaman yang juga akan tayang 2018 malah tak masuk daftar 10 besar.

 

Avengers: Infinity War (YouTube/ Marvel Entertainment)

Marvel memang sempat menghebohkan para pecinta film superhero dengan merilis teaser trailer Avengers: Infinity War yang disusul oleh trailer resminya.

Di situ, para penggemar bisa melihat nasib para pahlawan super Marvel setelah karakter antagonis utamanya, Thanos, turun ke bumi. Di akhir trailer, kita juga melihat Guardians of the Galaxy.

 

Avengers: Infinity War (YouTube/ Marvel Entertainment)

Para sineas Avengers: Infinity War, Black Panther, dan Deadpool boleh bangga film mereka menjadi pilihan terbanyak para penggemar untuk ditonton tahun depan.

Namun, masih ada film-film lain yang mungkin saja bakal lebih laris dari ketiga judul tersebut setelah dirilis. Berikut daftar 10 besar film paling dinanti versi IMDb:

1. Avengers: Infinity War (May 4, 2018)

2. Black Panther (Feb. 16, 2018)

3. Deadpool 2 (June 1, 2018)

4. Jurassic World: Fallen Kingdom (June 22, 2018)

5. Tomb Raider (March 16, 2018)

6. Pacific Rim Uprising ( March 23, 2018)

7. The Predator (Aug. 3, 2018)

8. Ocean's Eight (June 8, 2018)

9. Mission: Impossible 6 (July 27, 2018)

10. Solo: A Star Wars Story (May 25, 2018)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Berbatik, Setya Novanto Jalani Sidang Lanjutan Dugaan Korupsi e-KTP

Posted: 19 Dec 2017 09:40 PM PST

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto jelang mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto jelang mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto masuk persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto masuk persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua Majelis Hakim Yanto (tengah) membaca eksepsi dakwaan terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto saat sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua Majelis Hakim Yanto (tengah) membaca eksepsi dakwaan terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto saat sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto berjalan keluar usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto berjalan keluar usai mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). Sidang beragendakan pembacaan eksepsi dakwaan oleh kuasa hukum Setya Novanto. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Dikhianati, Agen Coba Tawarkan Dybala ke PSG

Posted: 19 Dec 2017 09:40 PM PST

Paulo Dybala kabarnya punya masalah di luar lapangan. Hal ini yang berdampak pada menurunnya penampilan Dybala bersama Juventus.

Di tengah menurunnya performa Dybala bersama Juventus, beredar kabar bahwa penyebabnya adalah karena sang pemain belum bisa move-on usai putus dari pacarnya, Antonella Cavalieri, seorang model asal Argentina.

Dybala dan Cavalieri kabarnya putus sejak musim panas lalu setelah sebelumnya berpacaran selama tiga tahun. Namun kabar putusnya tersebut baru dikonfirmasi oleh penyerang Argentina itu di awal November 2017.

Namun, Dybala juga memiliki cerita lain soal kemungkinan transfernya. Seperti dilansir Corriere della Sera, penyerang asal Argentina ini mulai berhasrat hengkang dari Juventus.

Dua bulan belakangan Dybala seolah kesulitan mencetak gol. Hal itu membuat dia harus duduk di bangku cadangan ketika Juventus menghadapi Bologna akhir pekan lalu.

 

 

Agen Dybala sekarang adalah kedua kakaknya, Mariano dan Gustavo, setelah Mino Raiola sempat ingin mengambil alih. Pemain berusia 24 tahun itu memecat Pierpaolo Triulzi, agen terdahulunya.

Namun, Mariano sepertinya mulai bermain api dengan menjalin komunikasi dengan petinggi Paris Saint- Germain (PSG). Mariano bahkan sengaja datang ke Paris.

Menurut laporan, Mariano yakin Neymar akan meninggalkan PSG untuk Real Madrid. Dia beranggapan Dybala salah satu pemain yang tepat menggantikan tempat Neymar di klub ibu kota Prancis itu.

 

PSG tidak mengungkapkan pertemuan dengan Mariano Dybala. Namun, Juventus menyadarinya ketika kekasih Mariano mengunggah foto tengah di Instagram berada di Paris.

Juventus juga percaya Mariano telah menawarkan Dybala kepada Barcelona dan Manchester City. Manajemen Bianconeri masih belum mengambil langkah, karena masih mencari petunjuk.

Setelah final Liga Champions musim lalu, keluarga Dybala menginginkannya bermain di level yang lebih tinggi. Apalagi, Dybala sekarang juga anggota Timnas Argentina.

Kontrak Juventus dengan Dybala baru akan habis pada Juni 2022. Kini, Si Nyonya Tua dan Dybala tengah membicarakan soal pembagian hak citra, yang belum mencapai kata sepakat meski kontrak baru telah ditandatangani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasutri yang Telah 73 Tahun Menikah Ini Dipaksa Berpisah, Kenapa?

Posted: 19 Dec 2017 09:36 PM PST

Seorang pasangan suami istri (pasutri) lanjut usia asal Kanada yang telah menikah 73 tahun, mengungkapkan rasa sedih dan kekecewaannya. Pasalnya, mereka harus berpisah tepat di hari natal untuk kali pertama.

Herbert Goodine (91) selama ini tinggal di sebuah fasilitas perawatan bersama dengan istrinya Audrey Goodine (89). Namun, Herbert dibertahu bahwa ia harus pindah ke fasilitas perawatan yang lebih canggih.

Fasilitas di Perth-Andover, New Brunswick, tempat pasutri itu tinggal, mengatakan kepada pasangan tersebut bahwa Herbert harus segera pindah.

"Ketika berbicara dengan orangtuaku kemarin, aku mendengar ibu menangis dan bisa mendengar ayah saya berbicara di belakang," ujar putri mereka Dianne Phillips di Facebook.

"Ibuku berkata, 'Natal sudah berakhir bagi kami dan ini adalah Natal terburuk yang pernah kita alami. Mengapa mereka tak menunggu memindahkan Herbert sampai setelah liburan?'."

Dikutip dari BBC, Rabu (20/12/2107), Dianne mengatakan, ibunya menerima telepon dari departemen provinsi yang mengawasi perawatan jangka panjang pada 15 Desember 2017. Departemen ini mengatakan, bahwa ayahnya yang kesehatannya telah menurun, harus dipindahkan ke tempat perawatan yang lebih canggih.

Dianne menyebut, permintaan ibunya yang ingin menunda pemindahan itu selama sepekan -- setidaknya setelah Natal usai -- ditolak. Pasangan yang telah 70 tahun hidup bersama itu pun tak dapat merayakan hari raya itu bersama-sama.

Seorang wakil dari perawatan jangka panjang menanggapi hal yang menimpa pasutri tersebut di Facebook.

"Begitu seorang warga berada di luar kendali kita dan dinas sosial kembali menentukan tingkatan perawatannya, saya harus mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah," ujar wakil tersebut.

"Merupakan hal yang melanggar hukum jika tidak mematuhi peraturan dan saya bisa kehilangan lisensi saya. Pada titik ini keputusan telah dibuat dan itu ada di tangan saya," imbuh dia.

 

Lansia akan minim berisiko terkena patah tulang pinggul bila punya pasangan. (Ilustrasi: Fox News Health)

Meski langka, kisah cinta sejati masih ada di kehidupan nyata. Bukan hanya pasangan Goodine saja yang tak mau berpisah, sepasang suami istri asal Inggris yang telah menikah selama 70 tahun, menemui ajalnya hanya berselang beberapa menit.

Sang suami yang merupakan veteran Perang Dunia II, Wilf Rusell, meninggal pada usia 93 tahun di rumah perawatan pada 29 Maret 2017 pukul 06.50.

Istrinya, Vera Rusell, mengembuskan napas terakhir di Leicester Royal Infirmary empat menit kemudian pada usia 91 tahun -- seperti tak rela ditinggal suaminya.

Sejumlah kerabat mengatakan, kesehatan Vera memburuk ketika suaminya mulai tak mengenalinya akibat penyakit demensia. Ia kemudian dirawat di rumah sakit pada Januari lalu dan meninggal tanpa mengetahui bahwa suaminya telah berpulang terlebih dahulu.

Wilf dan Vera bertunangan saat berusia 18 dan 16 tahun. Keduanya menikah setelah perang berakhir, yakni pada 5 September 1945.

"Kakekku didagnosis demensia pada satu tahun lalu dan harus berada di rumah perawatan," ujar cucu mereka yang berusia 44 tahun, Stephanie Welch, seperti dikutip dari The Telegraph.

"Nenekku mengunjunginya dan kakek sama sekali tak mengenalinya, kesehatannya mulai menurun sejak saat itu."

"Aku mengunjungi nenek di Leicester Royal Infirmary dan ia membuka matanya dan bertanya di mana Wilf, suaminya, berada. Hal terakhir yang ia katakan kepadaku adalah 'Kami pasangan yang cocok, bukan?'."

"Ia (Wilf) meninggal pada 06.50 dan Vera pada 06.54 tanpa mengetahui kabar kematian pujaan hatinya. Aku rasa Vera menunggu Wilf untuk pergi. Ia patah hati," tutur Welch.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara: Jaksa KPK Tak Cermat Urai Waktu Tindak Pidana Setnov

Posted: 19 Dec 2017 09:33 PM PST

Tim Penasihat Hukum Setya Novanto alias Setnov mengklaim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak cermat dalam menyusun surat dakwaan terhadap kliennya.

Bahkan tim penasihat hukum menganggap surat dakwaan Setnov disusun sesuai dengan kemauan tim penuntut umum. Hal tersebut diungkap oleh salah satu tim penasihat hukum Setnov, Firman Wijaya, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2017).

Firman mengungkap ada perbedaan antara dakwaan eks pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto, pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong, dan mantan Ketua DPR Setya Novanto.

"Tempus delicti terdakwa Irman dan Sugiharto November 2009 sampai Mei 2015. Dalam dakwaan Andi Agustinus alias Andi Narogong, November 2009 hingga Mei 2015. Namun, tempus delicti Setya Novanto November 2009-Desember 2013," ujar Firman Wijaya.

Tak hanya itu, terkait locus delicti atau tempat dugaan terjadinya tindak pidana juga dibuat oleh jaksa KPK dengan tidak teliti. Sehingga, menurut Firman, dakwaan tersebut batal demi hukum sesuai Pasal 143 huruf b KUHAP.

 

 

Ketua Majelis Hakim Yanto bertanya ke JPU KPK saat sidang perdana Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (13/12). Setya Novanto dinyatakan sehat dan sidang pembacaan dakwaan oleh JPU KPK dilanjutkan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dalam dakwaan Irman dan Sugiharto yakni di Graha Mas Fatmawati, lalu kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri, dan Hotel Sultan. Sedangkan dalam dakwaan Andi Narogong, locus delicti terjadi di Gedung DPR RI, Hotel Gran Melia dan Graha Mas Fatmawati.

Sementara dalam surat dakwaan Setnov, tempat terjadinya tindak pidana disebut di DPR RI, Hotel Gran Melia, Graha Mas Fatmawati, Equity Tower, Jl Wijaya XIII, Jakarta Selatan.

"Berdasarkan uraian waktu dan tempat, dapat disimpulkan surat dakwaan disusun tidak cermat," kata Firman.

 

Setya Novanto menjalani sidang kasus e-KTP. (Liputan6.com/Moch Harun Syah)

Sidang kasus megakorupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto atau Setnov kembali digelar hari ini di Pengadilan Tipikor. Kali ini, Setnov akan melawan dengan menanggapi dakwaan yang sebelumnya dibacakan jaksa pada KPK.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (20/12/2017) pagi, Setya Novanto mengaku siap menjalani sidang dengan agenda eksepsi. Dia pun mengaku sehat. Saat ini tim kuasa hukum Setnov sedang bergantian membacakan tanggapan atas dakwaan Jaksa.

Kali ini Setnov terlihat bersemangat dan konsentrasi. Sambil memakai kacamata, dia terus memantau pembacaan tanggapan dari tim kuasa hukumnya.

Dengan mengenakan batik cokelat, Setnov serius memperhatikan tiap lembar halaman eksepsi yang diterimanya dari tim kuasa hukum. Tidak ada lagi sikap menunduk yang sempat membuat waswas para pengunjung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pahlawan Ekonomi di Acara Mlaku-Mlaku nang Tunjungan

Posted: 19 Dec 2017 09:31 PM PST

Geliat Jalan Tunjungan Surabaya, terlihat ramai dengan pemberian penghargaan pelaku UKM yang tergabung dalam program Pahlawan Ekonomi (PE) yang digagas Pemerintah Kota Surabaya. Dalam pemberian penghargaan Pahlawan Ekonomi ini, ada tiga kategori pemenang, yaitu creative industry, home industry, dan culinary business.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dalam sambutannya mengatakan, melalui program PE ini, para pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas mutu produk dan harga.

"Sama capeknya dalam membuat produk UKM. Namun karena dilatih oleh PE, rasanya jadi enak, bersih dan sehat, membuat harga bisa lebih tinggi sampai 25 ribu rupiah," ujarnya, Rabu, 19 Desember 2017.

Semua produk, kata Risma, bisa masuk ke dalam program PE. Sehingga warga Surabaya bisa bergabung di program ini tanpa harus bingung memikirkan bentuk usahanya. Bahkan bila usaha ini berkembang besar menjadi perusahaan, hal itu bisa diwariskan kepada anak cucunya.

"Bila jabatan, tidak dapat diwariskan. Jadi lebih baik kita buat usaha sendiri yang bisa diwariskan kepada anak kita. Saya ingin warga Surabaya mau seperti ini dan menjadi tuan dan nyonya di kota sendiri," ujar Wali Kota Surabaya.

Risma juga mengajak salah satu pelaku UKM binaan Pemkot Surabaya yang biasa dipanggil Bu Jai untuk naik ke atas pangung. Bu Jai bercerita, sejak mengikuti program Pahlawan Ekonomi, ia mampu pergi haji.

"Saya ikut PE sejak tahun 2010. Alhamdulillah sudah pernah naik haji dengan cucu. Dengan pendapatan di Pahlawan Ekonomi ini, di umur yang sekarang saya masih bisa berkarya tanpa perlu meminta anak dan cucu," kata ibu yang kini umurnya sudah 70 tahun saat ditanya Risma.

Risma meminta warga Surabaya tidak malas dan terus bekerja keras agar bisa lebih maju. Dalam penghargaan ini, pemenang sudah diumumkan dan dipilih juara I sampai juara III.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Risma beri penghargaan para pelaku UKM di program Pahlawan Ekonomi. Foto: (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Para pemenang yaitu, ULS Collection, ESM Collection, dan Bintang Collection untuk pemenang Pahlawan Ekonomi kategori creative industry.

Sedangkan untuk pemenang kategori culinary bussiness, yaitu Omah Duren, Juice Niar, dan Kikil Rizky, sedangkan kategori home industry, pemenangnya yaitu, Cita Rasa Alami, Sari dan Bunda.

"Sangat senang, bangga dan puas rasanya," kata Trisnawati pemilik UKM Omah Duren dengan produk olahannya Undur-Udur.

Trisnawati memenangkan juara I kategori culinary bussiness. Menurutnya kesusahan dalam usaha ini adalah dari segi harga produk yang tinggi.

Ibu satu anak ini mengatakan, karena harga produknya yang tinggi dan berkelas ini, dirinya takut tidak laris. Namun karena semangat terus, katanya, konsumen juga akhirnya tahu bahwa harga duren juga tinggi.

"Akhirnya produk kita laris. Saya memasarkan produk ini dengan promosi lewat online, aplikasi perpesanan, tester sehingga tahu rasanya. Jadi ketika orang tahu rasanya, yang suka duren pasti beli. Kita harus berani promo dengan tester ini," katanya.

Saat ini produknya tidak hanya dijual di Surabaya saja, namun juga sampai di Jakarta.

Sama halnya dengan Trisnawati, pemilik UKM Cita Rasa Alami Yuli Ningsih juga menyampaikan kegembiraannya memenangkan lomba di PE ini. Ia menjadi juara I kategori home industry.

Dengan produk jajanan kering, seperti egg roll, brownis kering, keripik usus, dan kacang sengon, dia mampu mendapatkan peningkatan pendapatan hingga 50 juta/bulan.

"Awalnya coba-coba dan saya hanya bisa buat kue kering, saat ini produknya sudah sampai di Manado, Jakarta dan sampai di Singapura," kata Yuli.

Risma beri penghargaan para pelaku UKM di program Pahlawan Ekonomi. Foto: (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Keramaian di sepanjang Jalan Tunjungan ini tidak hanya sekedar pemberian penghargaan kepada para UKM Surabaya yang tergabung dalam PE saja, namun juga ada penjualan produknya selama satu hari.

Ada sekitar 250 UKM PE yang berjualan di sepanjang Jalan Tunjungan ini dengan aneka macam produk. Mulai dari olahan makanan hingga pakaian.

"Dari sekian banyak UKM yang bergabung di Pahlawan Ekonomi, kita lakukan seleksi dan kuratorial, hingga akhirnya mendapatkan 250 UKM ini," kata Yudi, Kepala Humas Pahlawan Ekonomi.

"Mereka yang bisa tampil berjualan disini, juga harus memenuhi empat syarat yang harus dipenuhi, yaitu punya produk unggulan, Facebook fanpage, ikut dalam Roadshow PE di 31 kecamatan dan menyerahkan laporan keuangan," ucapnya.

Yudi juga mengatakan, sebagai kota metropolitan, Surabaya mempunyai sektor jasa dan perdagangan yang menjadi utama. Dengan begitu, diharapakan dengan berjualan seperti ini bisa meningkatkan pendapatan keluarganya. Sehingga bisa mendukung program Wali Kota Surabaya, yaitu sebagai tuan dan nyonya di kota sendiri.

"Diharapkan dari event ini bisa menghasilkan pendapatan lebih baik. Kalau tahun kemarin, total hasil penjualan hampir mencapai 1 milyar," kata Yudi.

Kami juga ingin tunjukkan, bahwa pelaku UKM di Surabaya ini berkembang. Pada tahun 2010, ada sekitar 89 UKM yang tergabung di Pahlawan Ekonomi dan saat ini sudah mencapai 7.000 UKM.

"Sekedar diketahui, ada sekitar 1.400 barang kita sudah masuk ke maskapai Citylink dari 4 produk. Produk tersebut antara lain, Almond Crispy, Kacang Three G, nastar, serta Almond Crispy Semanggi, yang dijual di dalam pesawat," ujar Yudi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Gracia Indri Selama Ini Biayai Hidup David NOAH

Posted: 19 Dec 2017 09:30 PM PST

Sidang cerai Gracia Indri dan David NOAH kembali digelar di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/12/2017). Dalam sidang perdana itu Gracia Indri dan David NOAH tak hadir. Keduanya hanya diwakili kuasa hukumnya masing-masing.

"Kedua pihak tidak hadir dan hanya diwakili pengacara. Ada usulan pihak tergugat mereka pengin hakim mediasinya nonmuslim, karena hanya ada satu dan mau cuti, jadi baru dilanjutkan 9 Januari 2018. Gracia tidak hadir karena hanya penunjukkan saja, mungkin mediasi nanti akan hadir," kata pengacara Gracia Indri, Rohman Hidayat saat dihubungi, Rabu (20/12/2017).

 

David Noah dan Gracia Indri  (Instagram Gracia Indri)

Sejauh ini David NOAH masih ingin mempertahankan rumah tangganya dengan Gracia Indri. Namun hal itu ditanggapi sinis oleh pihak Gracia Indri.

Menurut Rohman, keinginan David NOAH untuk bertahan dengan kliennya sangat wajar. Pasalnya, selama ini kehidupan kibordis berkacamata itu selalu dibiayai oleh Gracia Indri.‎"Jelas mempertahankan-lah. Selama ini yang menghidupi David kan Gracia kok. Ya jelas mempertahankan, otomatis itu," sindir Rohman Hidayat.

Selain itu, dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) juga menjadi alasan Gracia Indri ngotot berpisah dari David NOAH. Rohman juga menjelaskan alasan mengapa pihaknya kini siap membuka masalah rumah tangga Gracia Indri dan David NOAH secara gamblang.

 

Gracia Indri (Instagram)

Ketika gugatan sebelumnya di Pengadilan Negeri Bandung ditolak, pihak Gracia Indri dianggap pihak David NOAH tidak jelas dalam mengajukan gugatan. Oleh karena itu, Rohman Hidayat memutuskan untuk mengungkap masalah sebenarnya.

"(KDRT) bukan masalah psikis, tetapi fisik juga ada. Jadi ada alasan kenapa ajukan gugatan sekarang lebih terbuka, karena saya enggak mau disebut ajukan gugatan yang enggak jelas," ujar Rohman Hidayat.

"Padahal waktu itu tujuannya untuk menutupi fakta sebenarnya, supaya tidak membuka aib. Kalau kenyataannya dia mau jelas, ya sekarang gugatannya yang jelas," ia menandaskan. (Ras) ‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Saat Mahasiswa Kedokteran Bentrok Dengan Polisi di Bolivia

Posted: 19 Dec 2017 09:30 PM PST

Seorang mahasiswa kedokteran membakar boneka saat demonstrasi di dekat lapangan Murilo di La Paz, Bolivia (19/12). Para mahasiswa memprotes undang-undang baru Presiden Evo Morales terkait sanksi pidana malapraktik medis. (AFP Photo/Jorge Bernal)

Seorang mahasiswa kedokteran membakar boneka saat demonstrasi di dekat lapangan Murilo di La Paz, Bolivia (19/12). Para mahasiswa memprotes undang-undang baru Presiden Evo Morales terkait sanksi pidana malapraktik medis. (AFP Photo/Jorge Bernal)

Mahasiswa kedokteran menendang gas air mata saat demonstrasi dekat lapangan Murilo di La Paz, Bolivia (19/12). Para dokter ini juga melakukan mogok makan dari senin kemarin. (AFP Photo/Jorge Bernal)

Mahasiswa kedokteran menendang gas air mata saat demonstrasi dekat lapangan Murilo di La Paz, Bolivia (19/12). Para dokter ini juga melakukan mogok makan dari senin kemarin. (AFP Photo/Jorge Bernal)

Mahasiswa kedokteran melarikan diri dari polisi anti huru hara saat bentrokan memprotes melawan undang-undang baru Presiden Evo Morales yang menghukum hukuman karena malapraktik medis di dekat lapangan Murilo di La Paz (19/12). (AFP Photo/Jorge Bernal)

Mahasiswa kedokteran melarikan diri dari polisi anti huru hara saat bentrokan memprotes melawan undang-undang baru Presiden Evo Morales yang menghukum hukuman karena malapraktik medis di dekat lapangan Murilo di La Paz (19/12). (AFP Photo/Jorge Bernal)

Mahasiswa kedokteran melarikan diri dari polisi anti huru hara saat bentrokan memprotes melawan undang-undang baru Presiden Evo Morales yang menghukum hukuman karena malapraktik medis di dekat lapangan Murilo di La Paz (19/12). (AFP Photo/Jorge Bernal)

Mahasiswa kedokteran melarikan diri dari polisi anti huru hara saat bentrokan memprotes melawan undang-undang baru Presiden Evo Morales yang menghukum hukuman karena malapraktik medis di dekat lapangan Murilo di La Paz (19/12). (AFP Photo/Jorge Bernal)

Mahasiswa kedokteran menghindar dari gas air mata saat demonstrasi dekat lapangan Murilo di La Paz, Bolivia (19/12). Para mahasiswa memprotes undang-undang baru Presiden Evo Morales terkait sanksi pidana malapraktik medis. (AFP Photo/Jorge Bernal)

Mahasiswa kedokteran menghindar dari gas air mata saat demonstrasi dekat lapangan Murilo di La Paz, Bolivia (19/12). Para mahasiswa memprotes undang-undang baru Presiden Evo Morales terkait sanksi pidana malapraktik medis. (AFP Photo/Jorge Bernal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa, Ini Trik Atasi Stres Saat Ujian

Posted: 19 Dec 2017 09:30 PM PST

Mahasiswa kebanyakan mengalami stres dan tertekan saat ujian, tapi dengan latihan mindfulness (pemusatan perhatian) bisa memperbaiki kesehatan mentalnya,

Itulah hasil penelitian dari Universitas Cambridge terhadap 600 siswa Cambridge. Peneliti menyimpulkan pengenalan program mindfulness selama delapan minggu di universitas-universitas di Inggris bisa membantu mencegah penyakit jiwa dan meningkatkan kesejahteraan siswa.

Kekhawatiran tentang kesehatan mental di sektor pendidikan tinggi kini meningkat. Layanan kesehatan mental universitas saja sudah mengalami lonjakan permintaan yang besar, dengan jumlah siswa yang mengakses konseling meningkat sebesar 50% antara tahun 2010 dan 2015, ini melebihi pertumbuhan jumlah siswa selama periode yang sama.

Menurut penelitian yang dipublikasikan jurnal The Lancet Public Health, prevalensi penyakit jiwa di kalangan mahasiswa di tahun pertama lebih rendah daripada populasi umum, tapi pada tahun kedua jumlahnya meningkat melebihi tingkat populasi umum.

"Dengan meningkatnya tuntutan pada layanan kesehatan mental siswa, kami ingin melihat apakah mindfulness dapat membantu siswa mengembangkan strategi penanganan pencegahan," kata Géraldine Dufour, salah satu penulis laporan dan kepala layanan konseling Cambridge seperti dilansir Guardian

Mindfulness merupakan, metode pelatihan yang semakin populer pada saat ini, telah terbukti memperbaiki gejala kecemasan dan depresi. Sampai saat ini, bagaimanapun, hanya ada sedikit bukti kuat mengenai efektivitasnya dalam mendukung kesehatan mental siswa.

Siswa Cambridge secara acak ditugaskan ke dua kelompok. Keduanya ditawarkan akses ke layanan pendukung dan konseling yang biasa di universitas, serta layanan NHS. Salah satu dari dua kelompok tersebut juga ditawarkan kursus kesadaran, yang terdiri dari delapan sesi mingguan berbasis kelompok, ditambah latihan di rumah termasuk meditasi, "mindful walking" dan "mindful eating". 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Mindfullness bantu atasi stres yang terus menumpuk.

Periset menemukan peserta mindfullness adalah sepertiga yang kurang mungkin mendapat dukungan kesehatan mental. Bahkan selama periode yang paling menegangkan tahun ini, ujian musim panas, nilai marabahaya untuk kelompok mindfullness turun di bawah tingkat dasar mereka, yang diukur pada awal penelitian. Para siswa tanpa pelatihan pusat perhatian menjadi semakin stres saat tahun ajaran berjalan.

"Siswa yang telah mempraktikkan mindfullness memiliki nilai marabahaya lebih rendah dari tingkat dasar mereka bahkan selama masa ujian, yang menunjukkan bahwa perhatian membantu membangun ketahanan terhadap stres."

Prof Peter Jones, juga dari departemen psikiatri Cambridge, menambahkan: "Bukti meningkat bahwa pelatihan kesadaran dapat membantu orang mengatasi stres akumulatif."

"Meskipun manfaat ini mungkin serupa dengan beberapa metode pencegahan lainnya, perhatian penuh bisa menjadi tambahan yang berguna untuk intervensi yang telah disampaikan oleh layanan konseling universitas," katanya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Klarifikasi Rumor Isco

Posted: 19 Dec 2017 09:30 PM PST

Juventus  buka suara soal rumor yang menyebut mereka telah mendekat bintang Real Madrid, Isco Alcorcon. Kubu Juventus menyebut mereka tak pernah mendekati pemain berusia 25 tahun tersebut.

Seperti dilansir Calciomercato, media-media Spanyol menyebut Juventus telah mencoba mendekati Isco. Hal ini tidak terlepas dari ketertarikan Pelatih Juventus , Massimiliano Allegri terhadap Isco.

Namun Real Madrid bertindak cepat dengan memblok langkah Juventus mendekati Isco. Klub berjuluk Los Galacticos ini menilai Isco masih sosok penting di skuat asuhan Zinedine Zidane.

Belakangan diketahui, Juventus  justru membantah kalau mereka telah mendekati Isco. Kubu Si Nyonya Tua menegaskan, mereka juga tak berniat mendekati Isco andaikata Paulo Dybala hengkang sekalipun.

 

 

Isco bergabung dengan Real Madrid dari Malaga pada musim 2011. Kariernya bersama Real Madrid tergolong naik turun.

Berposisi sebagai gelandang tengah, Isco menghadapi persaingan ketat dengan gelandang lain seperti Gareth Bale, Toni Kroos dan Luka Modric. Alhasil, ia pun lebih sering duduk di bangku cadangan dan tampil sebagai pemain pengganti.

Situasi ini membuat Isco sempat punya niat hengkang. Beberapa klub selain Juventus seperti Liverpool dan Arsenal pernah digosipkan tertarik.

Isco  (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Musim 2013/14: Main (53 kali), gol (11)

Musim 2014/15: Main (53 kali), gol (6)

Musim 2015/16: Main (43 kali), gol (5)

Musim 2016/17: Main (42 kali), gol (11)

Musim 2017/18: Main (24 kali), gol (5)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Periksa Gudang Petasan di Tangerang

Posted: 19 Dec 2017 09:30 PM PST

Petugas memeriksa dua buah gudang petasan di Dadap, Tangerang. Gudang yang beroperasi sejak 2014 ini menyimpan kembang api dan petasan impor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

111 Lulusan Sekolah Transportasi Bekasi Resmi Jadi PNS

Posted: 19 Dec 2017 09:29 PM PST

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menyerahkan Surat Keputusan Formasi Apratur Sipil Negara (ASN) untuk lulusan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Tahun 2017 kepada 40 pemerintah daerah di Kampus STTD Bekasi hari ini, Rabu (20/12/2017). Surat keputusan tersebut diberikan kepada 111 lulusan pola pembitan STTD Bekasi.

Namun, Asman Abnur mengatakan, sekolah kedinasan yang ada di Indonesia saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pasalnya, kebutuhan PNS tiap tahunnya mencapai 120 ribu.

Asman bilang, sekolah kedinasan hanya mampu menambal kebutuhan PNS kurang dari 10 persen. "Dari 120 ribu kebutuhan PNS, kemampuan sekolah kedinasan tidak sampai 10 persennya, sekitar 7 ribu orang saja," kata dia.

Lebih lanjut, sebanyak 111 lulusan pola pembibitan STTD Bekasi tersebut terdiri dari program studi DIV Transportasi Darat (Transdar) sebanyak 18 orang, DIII Perkeretaapian 22 orang, DIII Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) 25 orang, DIII Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP) 4 orang, dan DII Penguji Kendaraan Bermotor (PKB) sebanyak 42 orang.

Lulusan ini akan mengisi formasi di 40 pemerintahan daerah yaitu 5 pemerintah provinsi yang terdiri dari Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Riau, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah.

Kemudian, 12 pemerintah kota meliputi Tebing Tinggi, Surakarta, Sukabumi, Pekalongan, Pariaman, Palembang, Padang, Metro, Lubuk Linggau, Langsa, Bukittinggi, dan Ambon.

Serta, 23 pemerintah kabupaten yakni Tanah Datar, Solok, Sinjai, Simalungun, Siak, Rokan Hilir, Ponorogo, Pati, Pasaman, Parigi Moutong, Pakpak Bharat, Ogan Komering Ulu, Musi Banyuasin, Lima Puluh Kota, Lampung Tengah, Karo, Kampar, Fakfak, Cianjur, Bengkalis, Bener Meriah, dan Batu Bara.

Pola pembibitan merupakan kerja sama STTD Bekasi dengan pemerintah daerah untuk pemenuhan sumber daya manusia (SDM) transportasi darat di daerah masing-masing. Program ini merupakan ikatan dinas, di mana para taruna setelah lulus akan menjadi ASN di daerah masing-masing sesuai formasi yang disetujui oleh Kementerian PAN-RB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menhub, Budi Karya Sumadi menghadiri upacara pelantikan di STPI Curug, Tangerang, (8/9). Sebanyak 2.166 perwira transportasi dilantik, Mereka merupakan lulusan dari 14 sekolah transportasi dari matra darat, laut, dan udara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan menyatakan bahwa pihaknya memiliki program pemberdayaan masyarakat yang ditawarkan setiap tahun. Ini merupakan program pendidikan gratis bagi masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat ini sudah berjalan setidaknya dua tahun. Pada 2016, setidaknya sudah mampu menghasilkan 4.361 luluaan, dan tahun ini akan menghasilkan lulusan lebih dari 52 ribu. Tahun 2018, BPSDM kembali akan membuka pendaftaran program sekolah gratis ini.

Adapun sekolah gratis ini dikhususkan bagi masyarakat yang kurang mampu atau yang tinggal di daerah pinggiran.

"Tahun ini sebenarnya kuota kita sekitar 48 ribu, akan tetapi kita lebih dari itu, yaitu 52 ribu. Tahun depan kita akan tingkatkan menjadi 100 ribu untuk pemberdayaan masyarakat ini," terang Inspektur Jendral Kementerian Perhuhungan Wahju Satrio Utomo saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (18/12/2017).

Mengenai pendaftarannya, Wahyu akan mengumumkan pendaftarannya di laman resmi Kementerian Perhubungan (www.dephub.go.id) dan juga laman resmi BPSDM.

Tidak hanya itu, karena program ini bersifat terbatas, maka Kemenhub juga bakal bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam menyampaikan informasi ini ke wilayah masing-masing yang menjadi sasaran peserta.

"Jadi ini bisa memberikan kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam berkintribusi memajukan transportasi kita," tegas dia.

Diklat gratis tersebut digelar dalam upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di bidang transportasi darat, laut dan udara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kok Bisa Kantor Multimedia Polri Dibobol Maling?

Posted: 19 Dec 2017 09:29 PM PST

Dua pencuri bernama Murjoko alias Joko dan Lukito terbilang nekat. Bagaimana tidak, keduanya membobol Kantor Multimedia Divisi Humas Polri dan berhasil menggondol satu unit komputer merek Apple iMac A1418.

Mereka kemudian menjual inventaris polisi itu ke seorang penadah bernama A Buhari alias Ari dengan harga Rp 5,5 juta. Tak butuh waktu lama, polisi akhirnya menangkap Joko dan Ari. Sementara Lukito masih buron.

Lalu, bagaimana bisa markas polisi dibobol maling?

"Dia (pelaku) tidak tahu itu kantor polisi," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Muhammad Iqbal saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Rabu (20/12/2017).

Iqbal menuturkan, kantor polisi yang dibobol maling itu terbilang baru. Kantor tersebut juga berada terpisah cukup jauh dari lingkungan Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Kantor Brigjen Rikwanto itu berada di Jalan Taman Kemang I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan atau berjarak sekitar 2 kilometer dari Kompleks Mabes Polri.

"Simbol-simbol kepolisian di situ masih sedikit. Itu kan (kantor) baru, belum tersosialisasi," kata dia.

Ilustrasi pencurian mobil (Foto: nwautos)

Aksi pencurian tersebut terjadi pada Jumat 15 Desember 2017 sekitar pukul 6.30 WIB. Iqbal menegaskan, saat peristiwa berlangsung, terdapat beberapa petugas piket yang berjaga di kantor tersebut.

"Tadi sudah saya sampaikan, kami akan evaluasi sistem keamanan. Ada beberapa personel di situ (saat kejadian)," ucap jenderal bintang satu tersebut.

Belum diketahui secara pasti apa motif kedua pelaku tersebut nekat mencuri di kantor polisi. Namun berdasarkan penyelidikan sementara, salah satu pelaku teridentifikasi sebagai pemain lama spesialis rumah kosong.

Foto Ilustrasi: telegraph.co.uk

Hingga saat ini, jajaran Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan masih memburu satu pelaku lainnya yakni Lukito yang masih buron. Dalam kasus ini, Lukito berperan sebagai eksekutor yang mengambil komputer dari dalam kantor polisi.

"Ya doakan saja (segera tertangkap). Kami sedang profiling, teman-teman (Polres) Jakarta Selatan bekerja," Iqbal menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI AU Sematkan Brevet Kehormatan ke Kapolri, KSAD, dan KSAL

Posted: 19 Dec 2017 09:22 PM PST

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyematkan Brevet Kehormatan Penerbang kepada Kapolri Jendral Tito Karnavian, KSAD Jenderal Mulyono, dan KSAL Laksamana Ade Supandi di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Pantauan Liputan6.com, para pejabat tinggi bintang empat itu mendarat usai menikmati penerbangan pesawat Sukhoi sekitar pukul 09.50 WIB.

Karena cuaca hujan, upacara penyematan pun dilakukan di Aula Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma.

Hadi dalam hal ini bertindak sebagai KSAU. Dia menyematkan brevet tersebut ke atas saku kanan masing-masing pejabat tinggi itu.

"Menetapkan memberikan hak dan menerima Wings Penerbangan kepada Kapolri, KSAD, dan KSAU," ujar moderator di lokasi, Rabu (20/12/2017). 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyematkan Brevet Kehormatan Penerbang kepada Kapolri Jendral Tito Karnavian (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Hadi menyampaikan, momen pemberian brevet ini merupakan bagian dari sinergitas TNI-Polri. Kerja sama tersebut diharapkan dapat terus menurun hingga ke tingkat paling bawah sekalipun.

"Ini soliditas TNI Polri yang kita bina, kita pertahankan, dan akan semakin kuat," jelas dia.

Sebelum penyematan, mereka berempat melakukan penerbangan menggunakan pesawat Sukhoi TS-3007. Ada empat pesawat tempur yang disediakan untuk dinaiki.

Hadi naik ke pesawat sukhoi 07. Sementara Tito di pesawat dengan nomor 09. Disusul KSAD Jendral Mulyono di pesawat sukhoi 10 dan KSAL Laksamana Ade Supandi di nomor 11.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL, berpakaian pilot tempur di Halim Perdana Kusuma, Rabu (20/12/2017). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, bertabur 'bintang', Rabu pagi. Empat perwira tinggi TNI-Polri berkumpul di Base Ops. Mereka adalah KSAD Jendral Mulyono, KSAL Laksamana Ade Supandi, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB, keempatnya bertemu di dalam Aula Base Ops sekitar pukul 08.00. Mereka baru keluar setengah jam kemudian. Tak lagi mengenakan pakaian dinas masing-masing, para perwira bintang empat itu berganti kostum penerbang hijau tua.

Mereka kompak mengenakan kaca mata hitam berjalan beriringan menuju landasan pacu. Seorang anggota TNI AU tampak mengarahkan.

Di landasan, empat pesawat Sukhoi TS-3007 berjejer menunggu. Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL, masing-masing diberi helm berwarna biru. Bagian depan helm terdapat tulisan jabatan keempat perwirat tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dijual Murah, Ini Harga Xiaomi Redmi 5A

Posted: 19 Dec 2017 09:20 PM PST

Xioami kembali memperkenalkan smartphone terbarunya ke pasar Indonesia. Kali ini perusahaan asal Tiongkok itu memboyong Redmi 5A untuk konsumen di Tanah Air.

Redmi 5A sendiri sebenarnya pertama kali diperkenalkan untuk pasar Tiongkok pada Oktober 2017. Lalu pada November 2017, smartphone ini resmi menyambangi India.

Menurut Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung, Redmi 5A merupakan smartphone terbaik yang ada di kelasnya. Sebab, smartphone ini hadir dengan spesifikasi paling optimal yang ada di kelasnya.

Xiaomi Redmi 5A dipersenjatai dengan Snapdragon 425 dan RAM 2GB. Perangkat ini memiliki memori internal 16GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 256GB.

"Ketimbang smartphone lain di kelasnya dengan layar ukuran 5 inci, smartphone ini sudah didukung dengan Snapdragon 425 dan RAM 2 GB," ujarnya saat peluncuran Redmi 5A di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Peluncuran Xiaomi Redmi 5A. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Urusan fotografi, smartphone ini memiliki kamera utama 13MP yang didukung dengan fitur PDAF. Sementara untuk keperluan swafoto, kamera depan beresolusi 5MP.

"Untuk di kelasnya, Redmi 5A sudah memiliki kamera utama 13MP dengan fitur PDAF. Fitur ini membuat kamera smartphone ini menjadi yang terbaik di kelasnya," tutur Donovan menjelaskan.

Smartphone yang mempunyai bentang layar 5 inci ini sudah menjalankan MIUI 9 berbasis Android 7.1.2. Guna menunjang performanya, Redmi 5A dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh.

Lantas, berapa harga smartphone ini? Donovan mengungkap harga Redmi 5A di Indonesia adalah Rp 999.000, lebih murah dari harga di Tiongkok, yakni Rp 1,3 juta.

Xiaomi Redmi 5A mulai tersedia pada 27 Desember 2017, sedangkan di Lazada perangkat ini sudah dapat dipesan mulai hari ini pukul 18.00 WIB. 

Smartphone Xiaomi yang saat ini ditunggu-tunggu adalah Xiaomi Mi 7. Perangkat ini dipastikan menjadi salah satu smartphone yang akan melenggang dengan prosesor Snapdragon 845 pada tahun depan.

Meski belum diketahui tanggal perilisannya, Mi 7 digadang-gadang hadir dengan desain bezeless, seperti Mi MIX 2. Sampai saat ini belum ada satu pun bocoran gambar smartphone flagship Xiaomi itu.

Kendati begitu, sebuah gambar konsep render memperlihatkan desain bezeless Mi 7.

Penampakan desain render Xiaomi Mi 7 (Sumber: Gizmochina)

Mengutip Gizmochina, gambar render itu memperlihatkan Xiaomi Mi 7 yang nyaris tanpa bezel. Bezel bawah yang pada Mi MIX 2 diisi kamera depan, pada Mi 7 terlihat sangat tipis.

Pada gambar render Xiaomi Mi 7 itu pula, bezel bagian atas terlihat cukup tipis untuk menempatkan earpiece dan kamera depan. Layar Xiaomi Mi 7 juga diperkirakan hadir dengan rasio aspek 18:9.

Penampakan desain render Xiaomi Mi 7 (Sumber: Gizmochina)

Penampakan desain render Xiaomi Mi 7 (Sumber: Gizmochina)

Sementara, desain belakangnya mirip dengan Mi 6, yang dibekali bodi lengkung dari material kaca. Bedanya, posisi kamera ganda pada Mi 7 diletakkan vertikal di pojok kiri perangkat.

Render ini juga memperlihatkan Xiaomi Mi 7 hadir dalam beberapa varian warna seperti hitam, abu-abu, dan biru.

Penampakan desain render Xiaomi Mi 7 (Sumber: Gizmochina)

Sebelumnya dilaporkan Xiaomi juga akan menghadirkan Mi 7 Plus bersamaan dengan Mi 7. Smartphone ini diperkirakan hadir dengan layar 5,65 inci dan Mi 7 Plus memiliki layar 6,01 inci.

Mi 7 dan Mi 7 Plus juga dikabarkan punya fitur pengisian nirkabel serta baterai berkapasitas masing-masing 3.200mAh dan 3.500mAh.

Kamera ganda Mi 7 diduga menggunakan sensor IMX350 dan IMX380 milik Sony. Sementara, kinerja Xiaomi Mi 7 bakal disokong dengan RAM 6GB dan chipset Snapdragon 845.

Masih perkiraan, Mi 7 diperkirakan hadir dengan harga 2.699 Yuan (setara Rp 5,5 jutaan) dan Mi 7 Plus diperkirakan dijual seharga 2.999 Yuan (setara Rp 6,1 jutaan).

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Puji Pemain Pelapis Manchester City

Posted: 19 Dec 2017 09:20 PM PST

Manajer Manchester City, Pep Guardiola memuji penampilan pemain pelapisnya usai memastikan tiket semifinal Piala Liga Inggris. Dalam laga yang berlangsung di King Power Stadium tersebut, Selasa (19/12/2017) atau Rabu dini hari WIB, Manchester City menang 4-3 atas Leicester City dalam drama adu penalti.

The Citizen, sebutan Manchester City, harus bermain hingga perpanjangan waktu dan adu penalti di perempat final setelah laga berakhir 1-1 lewat gol yang dicetak Bernardo Silva dan balasan dari Jamie Vardy di menit ke-96.

Dalam laga tersebut, Guardiola memainkan beberapa pemain lapis Manchester City, seperti Claudio Bravo, Yaya Toure, Danilo, Ilkay Gundogan, dan Bernardo Silva.

"Para pemain yang turun melawan Leicester, tidak sering bermain dalam periode terakhir dan mereka menunjukkan saya hal yang sangat bagus. Tidak mudah untuk melakukan hal itu (mengontrol permainan) ketika ada banyak perubahan," kata Guardiola, dikutip dari Goal.

"Ada begitu banyak hal yang membuat saya senang. Bernardo Silva tampil luar biasa, begitu pula Gundogan dan Yaya, semuanya bermain dengan sangat baik untuk Manchester City," ujar pria asal Spanyol tersebut.

Eks pelatih Barcelona dan Bayern Munchen itu juga memuji penampilan beberapa pemain muda. Guardiola menurunkan Brahim Diaz, Tosin Adarabioyo, dan Phil Foden.

"Pemain muda kami juga bermain bagus. Itu membuat saya turut senang," ucap pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

Salah satu pemain muda Manchester City yang tampil melawan Leicester, Phil Foden baru saja menerima penghargaan dari media Inggris, BBC. Dia meraih penghargaan BBC Young Sports Personality of the year di Liverpool.

Pemain kelahiran Stockport yang telah menjadi bagian dari City sejak umur sembilan tahun ini melakoni debutnya di bulan November sebagai pemain pengganti saat melawan Feyenoord. Foden tampil penuh melawan Shakhtar Donetsk dua pekan lalu, menjadikannya pemain Inggris termuda yang tampil di Liga Champions.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aulia Rebut Tiket Wildcard Top 5 D'Academy Asia 3

Posted: 19 Dec 2017 09:20 PM PST

Aulia akhirnya memastikan diri masuk kembali ke kompetisi Dangdut Academy Asia 3 (D'Academy Asia 3). Kepastian ini didapat Aulia usai lagi-lagi meraih nilai tertinggi di show terakhir Konser Wildcard menuju Top 5 D'Academy Asia 3 yang berlangsung Selasa (19/12/2017) tadi malam.

Meraih total nilai sebesar 557 poin, Aulia sukses mengandaskan dua lawannya di malam ketiga Konser Wilcard yang kebetulan berasal dari Malaysia. Aulia merebut tiket wildcard lantaran One Forteen hanya meraih 551 poin, sedang Farez Adnan terpaut jauh hingga 17 poin darinya.

 

Top 3 D'Academy 4 yakni; Fildan, Putri dan Aulia. (Indosiar)

Penampilan Aulia semalam sendiri memang sangat bagus. Kembali nyanyikan lagu Dikocok-Kocok, Aulia sukses menyapu bersih standing ovation dari keenam juri.

Padahal Aulia masih membawakannya tak jauh beda dengan sebelumnya. Juara 3 Dangdut Academy 4 tersebut merubah aransemen lagu milik Inul Daratista dengan sentuhan jazz ala pertunjukan kabaret.

Sementara itu, setelah sempat turun di malam kedua, One Forteen kembali tampil memukau. Ia juga bawakan ulang lagu yang sempat dinyanyikan.

 

Aulia D'Academy 4 (Liputan6.com/Umi Septia)

Penampilannya di lagu "Sedang-Sedang Saja" pun merebut empat standing ovation dari komentator, kecuali dari Soimah dan Iyeth Bustami. Namun beda dengan One Forteen, rekan senegaranya justru tampil menurun. Farez Adnan mendadak tak bergairah di penampilannya pada lagu Sahara. Seakan tahu tak punya kesempatan, jiwa kompetisi Farez nampak sirna di wajahnya.

Rebut tiket wildcard, Aulia akhirnya berhak bergabung sekaligus bertarung dengan tiga wakil tuan rumah lainnya yang sudah lolos ke Babak 5 Besar. Selain Fildan, Putri, dan Reza, Aulia juga akan menghadapi jagoan negeri jiran Malaysia; Azizul Haqim di Konser Top 5 Dangdut Academy Asia 3 yang baru akan digelar Kamis (21/12/2017) atau lusa nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pensiun Dini Dibatalkan, Pangkostrad Bicara Nasib Pilkada Sumut

Posted: 19 Dec 2017 09:15 PM PST

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau ulang keputusan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 4 Desember 2017. Keputusan tersebut terkait pemberhentian dan pengangkatan perwira di lingkungan TNI.

Dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 sebelumnya, disebutkan bahwa Pangkostrad Letjen Edy dimutasikan menjadi Perwira Tinggi Mabes TNI AD dalam rangka pensiun dini.

Namun, keputusan yang sudah kadung ditandatangani Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo itu berubah. "Bahwa perlu diadakan perubahan pada Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 tanggal 4 Desember 2017, tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia," tulis pertimbangan surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982.a./XII/2017 dan ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dengan demikian, Letjen Edy masih menjabat sebagai Pangkostrad. Lalu, bagaimana nasib sang jenderal di rencana Pemilihan Gubernur Sumater Utara 2018?

Edy mengatakan dirinya tetap berpendirian untuk maju dan berkontestasi di jalur politik. "Itu wewenang saya (maju Pilgub) dan tentunya atas seizin Panglima TNI," kata Edy saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (20/12/2017).

Sudah menjadi aturan tegas, kata Edy, bahwa setiap prajurit TNI yang memilih jabatan politik harus meninggalkan atau mundur dari TNI.

Dia tidak mempersoalkan langkah Marsekal Hadi yang membatalkan keputusan sebelumnya tentang pensiun dini. Edy tidak melihat ada rencana dari TNI untuk menjegal dirinya untuk berkontestasi di jalur politik.

"Saya yakin Panglima TNI pasti bijaksana dan sudah mengetahui tentang itu, enggak mungkin menghambat," tutur Edy.

 

Ketua PSSI, Edy Rahmayadi, memeberikan keterangan usai acara pelepasan Timnas Futsal U-20 menuju ajang AFC Futsal Championships 2017 di Jakarta, Kamis (11/5/17). Turnamen tersebut berlangsung pada 16-26 Mei 2017 Thailand. (Bola.com/M iqbal Ichsan)

Edy menyebut Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/98.a/XII/2017 tertanggal 19 Desember 2017 dan tertanda Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, bukan berarti membatalkan surat keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 tanggal 4 Desember 2017, yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Tapi dikaji ulang," kata Letjen Edy saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (20/12/2017).

Jenderal bintang tiga ini menilai merupakan hal biasa ketika seorang pimpinan baru mengambil langkah dan keputusan strategis.

"Tidak masalah, itu wewenang Panglima TNI. Itu biasa, kecuali Kostrad dibubarkan itu baru masalah," ujar Edy.

Sesuai dengan jadwal Pilkada Serentak yang dijadwal KPU, Edy memiliki waktu hingga 8 Januari 2018 untuk mendaftar sebagai Cagub Sumatera Utara.

Diketahui, Partai Gerindra resmi mengusung Letjen Edy untuk Pilgub Sumut 2018. Meski telah memastikan maju lewat Gerindra, hingga kini Edy belum membeberkan siapa yang akan menjadi calon wakilnya di Pilgub Sumut.

"Belum, sabar," ucapnya.

Namun, Edy memastikan wakilnya nanti berasal dari kalangan sipil dan bukan dari militer. "Dari sipil wakilnya," ucap Edy Rahmayadi.

Edy juga mengaku belum memiliki banyak persiapan khusus untuk mengikuti Pilkada Sumut. "Kan masih lama, Juni 2018, doain ya," ucap dia.

 

Ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi, saat di wawancara oleh tim Bola.com dalam rangka hari ulang tahun PSSI di markas Pangkostrad, Jakarta, (20/04/2017). (Bola.com/Peksi Cahyo)

 

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengusung pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck) di Pilkada Sumatera Utara 2018 mendatang. Sekjen DPP PAN Eddy Suparno mengatakan, dukungan tersebut disampaikan langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Medan, Sumatera Utara.

"Betul, kita baru menyerahkan surat mengusung pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah ini Minggu ini," ujar Eddy Suparno saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (10/12/2017).

a mengatakan, dukungan terhadap pasangan Edy-Ijeck dilatarbelakangi kebutuhan Sumut akan kondisi ekonomi dan keamanan yang lebih baik. Eddy menilai sosok mantan Pangkostrad, Edy Rahmayadi sebagai pilihan yang tepat untuk memimpin Sumut lima tahun mendatang.

"Kita merasa Sumut ini wilayah strategis, dari sisi ekonomi, budaya. Kemudian aspek strategis lainnya terkait masalah keamanan, kita merasa cocok dipimpin seorang berlatar militer seperi Pak Edy," ucap Eddy Suparno.

Eddy mengatakan, langkah selanjutnya pihaknya akan berkomunikasi dengan partai-partai lain agar mendukung pasangan Edy Rahmayadi-Ijeck di Pilkada 2018 mendatang. Dia mengatakan, beberapa partai telah memberi sinyal dukungan.

"Sudah ada pembicaraan dengan-partai-partai lain. Indikasinya ada Gerindra dan PKS yang memang belum menentukan sikap. kita terus jalin komunikasi," kata dia.

Edy Rahmayadi Sosok TepatKetua Umum PAN Zulkifli Hasan sebelumnya telah menyatakan dukungan terhadap Edy Rahmayadi saat menghadiri pelantikan dan rapat kerja wilayah-I DPW PAN Sumatera Utara di Gelanggang Remaja Medan hari ini.

Dia menilai, sosok Edy yang merupakan mantan Pangkostrad cocok memimpin Sumut lima tahun mendatang.

"Sumatera Utara ini adalah provinsi besar, kita ingin pemimpinnya berwawasan kebangsaan yang sudah teruji, kita menemukan di Pak Edy Rahmayadi," ujar Zulkifli Hasan Minggu (10/12/2017).

Edy sendiri telah mengajukan pensiun dini sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad) kepada Mabes TNI untuk maju di Pilkada Sumut.

"Beliau mengajukan pensiun dini kepada Panglima TNI. Saya tidak tahu persis apa alasan beliau mengajukan pensiun dini," kata Kapuspen TNI Brigjen M Sabrar Fadhilah ketika dikonfirmasi, di Jakarta.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produsen RI Pasok Kertas Uang ke 3 Negara di Amerika

Posted: 19 Dec 2017 09:12 PM PST

Produsen kertas uang Indonesia, PT Pura Baratama, menembus pasar Amerika Selatan, yakni Chili dan Paraguay serta Guatemala, Amerika Tengah, pada tahun depan. Perusahaan yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah, itu memasok kertas uang ratusan ton ke negara tersebut.

"Kami sudah pasok kertas uang Chili, Guatemala, dan Paraguay untuk kebutuhan mencetak uang di tahun depan," ujar General Manager Paper Mill Pura Baratama, Mastamto, di Kudus, seperti ditulis Rabu (20/12/2017).

Dia mengungkapkan, keberhasilan perusahaan menembus pasar Amerika Tengah dan Selatan ini setelah melalui proses tender bersaing dengan negara lain. Perusahaan menawarkan harga paling kompetitif dibanding negara lain.

"Kami pasok masing-masing sekitar 100 ton kertas uang ke tiga negara itu," tutur dia.

Selain Chili, Paraguay, dan Guatemala, Mastamto menyebut perusahaan sudah mengekspor uang kertas ke Vietnam, India, Nepal, Amerika Latin, Afrika, dan lainnya.

"India negara pengimpor terbesar kertas uang sebanyak 30 ribu ton per tahun. Kami memenangi tender 4 ribu ton untuk tiga pecahan mata uang. Tahun ini menang lagi," ujarnya.

Dalam mengikuti tender kertas uang, Pura Baratama harus bersaing dengan sembilan pemain lainnya. Ada 10 produsen kertas uang di dunia dan di Asia hanya dua, yakni Korea Selatan dan Indonesia.

"Kalau tender pasti bertemu mereka terus. Intinya harus kompetitif dalam harga supaya menang, karena semua pemain sudah menerapkan standar internasional. Pabrik kami di Kudus pun sudah disandingkan dengan pabrik di Eropa dan AS," ucap Mastamto.

Mastamto mengaku perusahaan juga memasok kertas uang untuk mencetak duit baru oleh Peruri. Tender ini digelar Bank Indonesia (BI). "Kebutuhan dalam negeri kami pasok 400 ton atau 5 persen dari 7 ribu ton per tahun," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Foto: Liputan6.com

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menegaskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan menggenjot penetrasi penggunaan uang elektronik atau e-money di masyarakat tidak akan menghilangkan uang kartal sebagai alat pembayaran yang sah. Uang kartal ini terdiri atas uang kertas dan uang logam.

"Tidak (menghilangkan) dan tidak menggantikan. Sebagai komplemen atau pelengkap iya," kata Direktur Departemen Pengawasan dan Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Pungky Purnomo Wibowo, dalam Diskusi GNNT di Financial Hall CIMB, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2017.

Dia beralasan, kebutuhan uang tidak seluruhnya dapat dipenuhi melalui nontunai. Dia menuturkan, apabila perekonomian bertumbuh dengan baik, yang salah satunya lewat transaksi nontunai, maka kebutuhan uang, baik uang kertas maupun uang logam, akan meningkat.

"Kalau pertumbuhan ekonomi semakin tinggi, maka kecepatan uang beredar di suatu negara akan semakin tinggi. Dan BI menjaga semuanya, termasuk implementasi GNNT aman, lancar, efisien, harga terjangkau, dengan dukungan peraturan yang kondusif, sehingga masyarakat, penyedia sistem jasa pembayaran, serta negara mendapatkan mutual benefit," ucap Pungky.

Dia pun menegaskan GNNT, termasuk kebijakan pembayaran nontunai di gerbang tol, tidak melanggar Undang-Undang (UU) Mata Uang. Dalam payung hukum tersebut, Pungky menambahkan, diatur mengenai jenis uang yang berlaku, yakni uang logam dan uang kertas.

"Kita terus berkomunikasi dengan Ombudsman dan pihak lainnya. Dalam UU selain mengatur jenis uang, cara penggunaannya juga diatur, yaitu bisa tunai dan nontunai," kata dia.

"Sekarang pilihan masyarakat mau gunakan tunai atau nontunai. Penerapan GNNT akan menguntungkan masyarakat, penyedia jasa, dan negara. Nontunai akan sangat bagus mendukung perekonomian bangsa kita," Pungky menuturkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kemungkinan Masalah Jika Telat Cek AC secara Berkala

Posted: 19 Dec 2017 09:12 PM PST

Sudah sewajarnya para pemilik mobil melakukan perawatan pada tunggangannya. Tak hanya mesin, bagian penyejuk udara atau air conditioner (AC) juga wajib dicek.

Seperti dikutip situs Rotary Bintaro, Rabu (20/12/2017), jika Anda terlambat mengecek AC mobil, akibatnya bisa fatal.

Setidaknya, ada lima kemungkinan masalah jika terlambat melakukan pengecekan, yaitu AC mobil akan tidak terasa dingin, AC mobil cepat rusak, kondisi mesin pada mobil cepat panas, mengurangi kenyamanan, dan AC mobil terdengar berisik.

Pengecekan AC mobil disarankan setiap tiga bulan sekali. Salah satu bagian komponen yang wajib dicek, yaitu evaporator AC.

Seperti halnya manusia, jika digunakan setiap hari, AC mobil juga akan lebih rentan terkena masalah. Oleh karena itu, mobil yang sering digunakan setiap hari, ada baiknya dicek setiap bulan.

"Ingat! Kesalahan sepele juga akan menimbulkan dan berdampak besar bagi AC mobil Anda, jika Anda meremehkan hal ini," tulis situs Rotary Bintaro.

Ilustrasi AC Mobil. (Herdi Muhardi)

Penggunaan penyejuk ruangan sudah menjadi hal lumrah baik pada mobil baru atau lawas. Sebab, AC mobil yang sejuk tak hanya memberikan kenyamanan, tetapi menghilangkan embun menempel di kaca terutama saat hujan.

Namun demikian, AC juga kerap mengalami masalah dan terkadang mengeluarkan cairan dari lubang ventilasi itu

Lantas apakah hal itu berbahaya?

Menurut Kelvin Ong, Kepala Bengkel Rotary Bintaro, jika ada cairan keluar dari ventilasi hal itu tidaklah normal.

"Berarti selang pembuangannya mungkin mampet. Terlebih kalau di kabin sampai banjir air, itu enggak normal. Air pembuangan keluar melalui selang pembuangan," ungkap Kelvin kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Sebaliknya, AC mobil dengan mengeluarkan air pada dasarnya normal selama keluar melalui selang pembuangan.

Kelvin menyatakan, air yang keluar dari AC disebabkan karena terjadinya proses kondensasi, di mana telah terjadi proses perubahan wujud benda, dari gas ke cair.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China dan Rusia Tak Terima Disebut Rival Amerika Serikat

Posted: 19 Dec 2017 09:12 PM PST

China dan Rusia melayangkan kritik terhadap Amerika Serikat. Pasalnya, Strategi Keamanan Nasional AS yang baru melabeli kedua negara itu sebagai "kompetitor" yang menantang kepentingan Negeri Paman Sam.

Tiongkok pada Selasa menyatakan bahwa strategi baru yang digariskan oleh Presiden Donald Trump tersebut menunjukkan "mentalitas Perang Dingin".

"Kami mendesak AS untuk berhenti dengan sengaja mendistorsi tujuan strategis China dan meninggalkan konsep usang seperti mentalitas Perang Dingin serta zero-sum game -- jika tidak, ini hanya akan merugikan diri mereka sendiri dan pihak lainnya," kata Hua Chunying, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China.

"Kami berharap AS dapat menyesuaikan diri dengan tren zaman dan kehendak rakyat, menempatkan hubungan dunia serta China-AS dalam perspektif, menghormati komitmen yang relevan dan bergandengan tangan dengan China untuk menegakkan pertumbuhan hubungan kedua negara yang sehat dan stabil."

"Ini merupakan pilihan tepat yang melayani kepentingan kedua bangsa dan orang-orang di seluruh dunia," imbuhnya.

Selain Beijing, kritik terhadap strategi keamanan nasional AS yang baru juga datang dari Moskow.

"Penafsiran cepat tentang bagian strategi yang menyebutkan nama negara kita... (menunjukkan) karakter imperialis," ungkap Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Pada Senin waktu setempat, Trump meluncurkan Strategi Keamanan Nasional baru AS di mana ia berjanji untuk memprioritaskan kepentingan ekonomi AS dan "mengejar perdamaian melalui kekuatan".

Strategi keamanan tersebut secara eksplisit menyebut China dan Rusia sebagai "saingan" yang berusaha untuk "menantang kekuatan, pengaruh dan kepentingan AS" serta mencoba untuk "mengikis keamanan dan kemakmuran AS".

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sebelum melakukan pertemuan di resor Mar a Lago, Florida, Kamis (6/4). Isu perdagangan dan Korea Utara diperkirakan menjadi isu utama pembahasan kedua pemimpin negara tersebut. (AP Photo/Alex Brandon)

China sendiri tidak setuju dengan anggapan bahwa pihaknnya adalah rival AS.

"Kami selalu percaya bahwa sebagai negara berkembang dan maju serta dua kekuatan ekonomi dunia, China dan AS memikul tanggung jawab penting dan memiliki kepentingan bersama yang luas dalam menegakkan perdamaian dan stabilitas dunia serta mempromosikan pembangunan dan kemakmuran global," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Ia menambahkan, "Kerja sama merupakan satu-satunya pilihan yang tepat bagi China dan AS dan kerja sama yang saling menguntungkan dapat menghasilkan masa depan yang lebih baik".

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov pun menyatakan hal senada. Ia menegaskan pihaknya tidak pernah menempatkan Rusia sebagai ancaman bagi kepentingan AS.

"Strategi Keamanan AS yang baru menunjukkan 'keengganan untuk melepaskan gagasan tentang dunia unipolar, terlebih lagi, ketidakpedulian yang mendesak, mengabaikan dunia yang multipolar," ungkap Peskov.

"Kami tidak setuju dengan sikap yang memandang negara kami sebagai ancaman bagi Amerika Serikat," ia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Incar Putra Legenda Timnas Belanda

Posted: 19 Dec 2017 09:10 PM PST

Raksasa Italia, AC Milan mulai sibuk membenahi diri jelang paruh kedua musim ini. Bursa transfer Januari pun bakal dimanfaatkan untuk merekrut pemain baru.

Menurut kabar terakhir, I Rossoneri mengincar winger muda Ajax Amsterdam, Justin Kluivert. Untuk diketahui, Justin Kluivert merupakan putra dari legenda timnas Belanda, Patrick Kluivert, yang juga pernah bermain untuk AC Milan selama setahun (1997/1998).

Justin merupakan pemain asli binaan akademi Ajax dan saat ini usianya masih 18 tahun. Meski masih belia, Justin mampu menembus tim senior Ajax mulai musim ini. AC Milan telah mencium bakat Kluivert sejak musim lalu.

Ia sudah tampil dalam 13 pertandingan di Eredivisie, dua kali dalam babak kualifikasi Liga Champions, serta dua kali tampil dalam babak penyisihan grup Liga Europa. Total ia sudah mencetak empat gol serta dua assist dalam 18 penampilan.

Akan tetapi, AC Milan dipastikan akan sulit mendapatkan Kluivert junior ini. Lagi-lagi karena sang pemain berada di bawah naungan agen Mino Raiola, yang merupakan "musuh" para petinggi klub.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Raiola terkait rumor itu. Belum diketahui seperti apa sikap Raiola jika AC Milan benar-benar menginginkan Kluivert.

Tak hanya Kluivert, AC Milan juga fokus mengejar gelandang Udinese yang tengah bersinar, Jakub Jankto. Berbeda dari Kluivert, ketertarikan Diavolo terhadap gelandang Republik Ceko ini bukan hal yang baru. Jankto sudah diincar sejak musim panas lalu.

Namun, AC Milan tetap tidak gampang untuk bisa mendapatkan Jankto. Pasalnya, Udinese menegaskan bahwa mereka tidak akan menjual pemain andalannya itu minimal pada Januari nanti. Karena itu, I Rossoneri setidaknya harus bersabar paling tidak sampai akhir musim.

Selain itu, AC Milan juga bukan peminat tunggal. Mereka harus siap bersaing dengan klub-klub kaya dari Inggris, seperti Chelsea, Manchester United, dan Arsenal, yang juga tertarik pada Jankto. Dengan banyaknya peminat, Udinese diyakini bakal memasang harga mahal dan melepas sang pemain kepada klub dengan penawaran tertinggi.

Ada pun Jankto pertama kali direkrut Udinese dari akademi Slavia Praha pada tahun 2014. Tahun 2015, ia sempat dipinjamkan ke Ascoli. Baru tahun 2016, ia diorbitkan ke tim senior Udinese. Musim ini, pemain 21 tahun itu sudah mengemas lima gol serta menyumbang lima assist dalam 15 penampilan di Serie A dan Coppa Italia. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Justin Bieber, Selena Gomez Bertengkar dengan Sang Ibu

Posted: 19 Dec 2017 09:10 PM PST

Hubungan Justin Bieber dan Selena Gomez memang semakin dekat dan kuat. Keduanya seakan tak mampu terpisah satu sama lain. Berbagai kesempatan pun dilewati bersama, mulai dari ibadah hingga liburan.

Namun sayang, tak semua orang suka dengan kemesraan pasangan yang telah berhubungan sejak 2010 lalu tersebut. Ibunda dan seluruh anggota keluarga Selena Gomez adalah satu satunya, diwartakan E! News, Selasa (19/12/2017).

"Keluarga Selena sangat tidak senang atas kebersamaannya dengan Justin," ujar seorang sumber. Bukan tanpa alasan, citra Justin Bieber terlanjur buruk di mata keluarga Selena Gomez.

"Mereka merasa dia (Justin) bukan orang yang baik untuk hadir di hidup Selena. Mereka masih meragukan perubahan pribadi Justin. Meskipun sekarang sikapnya baik, mungkin saja akan berubah lagi. Dia telah menciptakan keraguan untuk Selena dan keluarganya," ujar sumber tersebut.

 

 

 

 

Justin Bieber dan Selena Gomez memang terlihat semakin mesra usai balikan pada 2 November kemarin. (Elle)

Keluarga pun menyayangkan sikap Selena Gomez yang kembali memberikan kesempatan bagi Justin Bieber. Anggota keluarga pelantun "Who Says" itu sebenarnya ingin menyelamatkannya dari jeratan Justin Bieber.

"Mereka sangat sedih Selena memilih jalan ini. Mereka sangat ingin sebisa mungkin melindungi Selena, tapi melihat kebersamaan Selena dan Justin saat ini membuat mereka benar-benar frustasi," ungkap sumber itu.

Keluarga Selena Gomez tak bisa menerima Justin Bieber kembali. (lifeandstylemag.com)

Selena Gomez dan sang ibu, Mandy Teefey, dikabarkan telah meng-unfollow satu sama lain di Instagram. Keduanya diduga bertikai akibat keputusan Selena Gomez menjalin kasih kembali dengan Justin Bieber.

Sebelumnya, Mandy Teefey pun diberitakan masuk ke rumah sakit karena alasan yang sama. Namun, seorang sumber menyatakan pada People bahwa Mandy hanya memeriksakan kesehatannya dan tak ada hubungannya dengan Justin Bieber.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandi: Saya Tidak Pernah Punya Mobil B 1 UNO

Posted: 19 Dec 2017 09:08 PM PST

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengklarifikasi terkait foto mobil Lexus yang melintasi jalur bus transjakarta. Menurut dia, kendaraan tersebut bukan miliknya.

"Saya klarifikasi saya tidak pernah memiliki kendaraan B 1 UNO," tegas Sandi saat menjumpai awak media usai peresmian Bazis Corner Jakarta Utara (20/12/2017).

Sandiaga mengaku ikhlas dengan fitnah yang dilayangkan kepada dirinya. Ia justru berharap fitnah itu bisa menjadi pengurang dosanya.

"Foto-foto viral yang difitnahkan kepada saya itu, saya tidak keberatan. Saya anggap fitnah ini sebagai pengurang dosa, saya terima dengan ikhlas," tutur Sandi.

Sandi berharap peristiwa ini bisa menjadi momen agar warga patuh terhadap peraturan lalu lintas dan tidak menerobos jalur transjakarta. Ia ingin jalur transjakarta tetap steril dari kendaraan pribadi.

"Tapi yang saya harapkan teman-teman pers bisa membantu (menginformasikan) tidak diperkenankan siapapun juga kecuali menteri dan presiden menembus jalur transjakarta," jelas Sandiaga.

Bus Transjakarta melintas dengan lancar di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Selasa (14/6/2016). Untuk menjaga jalur Transjakarta tetap steril, Dishub DKI Jakarta mengerahkan puluhan petugas. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Bantahan serupa juga disampaikan oleh Polda Metro Jaya. Direktur lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menegaskan mobil itu bukan milik Sandiaga.

"Bukan milik Sandiaga Uno," ujar Direktur lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Berdasarkan catatan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mobil tersebut diketahui milik warga Jakarta Barat. Bahkan mobil tersebut diketahui telah menunggak pajak sejak 2015.

 

Bus Transjakarta melintas saat sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Terminal Kampung Melayu menuju Jatinegara, Jakarta, Kamis (25/5). Kemacetan itu imbas banyaknya warga yang mendatangi lokasi bom Kampung Melayu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Bukan atas nama Pak Sandiaga Uno, tapi atas nama Dwi Putranto alamat Jakarta Barat," ungkap Halim.

Saat ini, Halim masih mengumpulkan informasi mengenai lokasi mobil tersebut menerobos jalur bus Transjakarta.

"Itu foto, tidak tahu kejadiannya kapan dan di mana. Jangan-jangan foto sudah lama," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: PPP Kubu Djan Faridz Beri Dukungan Sudirman Said Maju di Pilgub Jateng

Posted: 19 Dec 2017 09:01 PM PST

Bakal calon gubernur Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said menandatangani surat dukungan deklarasi saat Rapimnas PPP di Jakarta, Rabu (20/12). PPP kubu Djan Faridz resmi mendukung Sudirman Said di Pilgub Jateng 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Bakal calon gubernur Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said menandatangani surat dukungan deklarasi saat Rapimnas PPP di Jakarta, Rabu (20/12). PPP kubu Djan Faridz resmi mendukung Sudirman Said di Pilgub Jateng 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketum PPP Muktamar Jakarta Djan Faridz dan bakal Cagub Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said saat Rapimnas PPP di Jakarta, Rabu (20/12). PPP kubu Djan Faridz resmi mendukung Sudirman Said di Pilgub Jateng 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketum PPP Muktamar Jakarta Djan Faridz dan bakal Cagub Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said saat Rapimnas PPP di Jakarta, Rabu (20/12). PPP kubu Djan Faridz resmi mendukung Sudirman Said di Pilgub Jateng 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketum PPP Muktamar Jakarta Djan Faridz dan bakal Cagub Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said saat Rapimnas PPP di Jakarta, Rabu (20/12). PPP kubu Djan Faridz resmi mendukung Sudirman Said di Pilgub Jateng 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketum PPP Muktamar Jakarta Djan Faridz dan bakal Cagub Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said saat Rapimnas PPP di Jakarta, Rabu (20/12). PPP kubu Djan Faridz resmi mendukung Sudirman Said di Pilgub Jateng 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketum PPP Muktamar Jakarta Djan Faridz dan bakal Cagub Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said bergandeng tangan saat mendeklarasikan dukungan disela Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP di Jakarta, Rabu (20/12). (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketum PPP Muktamar Jakarta Djan Faridz dan bakal Cagub Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sudirman Said bergandeng tangan saat mendeklarasikan dukungan disela Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP di Jakarta, Rabu (20/12). (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyusup Incar Guardiola di Kandang Leicester City

Posted: 19 Dec 2017 09:00 PM PST

Ketenangan Pep Guardiola saat mendampingi timnya, Manchester City menghadapi Leicester City pada babak perempat final Piala Liga Inggris, Rabu dini hari WIB (20/12/2017) sempat terganggu. Konsentrasi Guardiola buyar saat seorang pria tiba-tiba berlari ke arahnya. 

Namun seperti dilansir The Sun, aksi pria itu terhenti sebelum menyentuh Guardiola. Petugas keamanan yang berjaga di tepi lapangan dengan sigap mengamankan penyusup tersebut. 

Guardiola sendiri sempat melihat ke arah pria tersebut, tapi tidak berusaha mendekatinya. 

"Dia mungkin menginginkan kaos saya," kata Guardiola bercanda mengenai aksi itu. 

"Tapi saya aman, jadi tenang saja," ujar pelatih asal Spanyol itu menambahkan. 

 

Penyusup hanya berjarak beberapa kaki dari Guardiola saat petugas keamanan meringkusnya. Dia ditangkap oleh dua orang sebelum yang lain datang menjatuhkannya.

Mereka lalu menjatuhkan pria itu ke tanah, tapi sempat berontak dan berusaha kabur. Namun usahanya sia-sia karena para petugas segera menggiringnya ke luar stadion.

Meski demikian, pria itu sempat berteriak menyampaikan pesannya kepada Guardiola. Mantan pelatih Barcelona itu juga sempat menatap ke arah pria itu sebelum dihalau pergi. 

 

 

Meski sempat terganggu, Guardiola tetap bisa tersenyum di Kings Power. Sebab pasukannya berhasil memetik kemenangan atas tuan rumah dan menggenggam tiket babak semifinal. 

The Citizens melaju setelah memenangkan adu penalti atas The Foxes dengan skor 4-3. Babak tos-tosan terpaksa ditempuh setelah kedua tim imbang 1-1 hingga 120 menit. 

Kemenangan Manchester City tidak lepas dari blunder James Vardy. Meski berhasil mencetak gol penyeimbang di masa injury time usai gol Bernardo Silva menit 46, Vardy justru gagal saat jadi eksekutor penalti. Nasib yang sama juga dialami oleh Riyad Mahrez. 

Bertanding di kandang lawan, Manchester City sebenarnya tidak menurunkan skuat terbaiknya. Pelatih asal Spanyol tersebut memberikan kesempatan kepada pemain muda seperti Phil Foden dan Oluwatosin 'Tosin' Adarabioyo untuk bermain sejak awal.

Meski begitu, Manchester City menguasai laga sejak peluit awal dibunyikan. Kerja sama Bernado Silva dan Gabriel Jesus di lini depan kerap merepotkan kiper tuan rumah, Ben Hamer.

Pada menit ke-26, Manchester City membuka keunggulan lewat Bernado Silva. Eks gelandang AS Monaco tersebut sukses mengonversikan umpan Ilkay Gundongan menjadi gol.

Tak ingin menelan malu di depan publiknya sendiri, Leicester mulai meningkatkan serangan. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk The Citizens tetap bertahan.

Pada babak kedua, Leicester melakukan perubahan taktik dengan memasukkan Riyad Mahrez, Jamie Vardi, serta Demarai Gray. Ketiga pemain tersebut mampu memberikan dampak positif bagi permainan The Foxes. (Simak jalannya pertandingan di sini).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Menyentuh Mahasiswi Aceh untuk Si Pencuri Motor

Posted: 19 Dec 2017 09:00 PM PST

Selebaran informal dari seorang mahasiswi Aceh (2674884 ") menyentuh perhatian warga di berbagai media sosial (medsos) dan kelompok diskusi WhatsApp.

Bagaimana tidak, Widya Maulina, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, telah meminta si pencuri untuk mengembalikan sepedanya.

Selebaran berikut dari siswa perempuan Aceh baru-baru ini menjadi viral dalam berbagai aplikasi medsos dan diskusi kelompok:

Tolong ... !!!

Yang membawa Honda Supra X 125 Red-Black, BL 6874 AG, tolong beritahu saya kembali. Motor yang saya beli dari biaya menjahit saya saat belajar. Saya adalah mahasiswa Misi Sesi (dari keluarga miskin). Mintalah bantuan untuk mereka yang mengambil atau yang menemukannya. Saya sangat membutuhkan sepedaku untuk kuliah dan bekerja. Tolong dikembalikan, saya tidak akan menuntut orang-orang yang mengambilnya dan mohon berbaik hati kepada mereka yang menghubungi saya di no 085373025XXX (Widya / Mahasiswa FKIP Unsyiah).

Menurut semester tujuh mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Unsyiah, ia dan rekan-rekannya menempelkan selebaran di sekitar kampus. Dia tidak berpegang pada selebaran, sebab hanya sekitar selusin.

"Lepas selebaran mari kita lihat, apalagi bahwa pencuri yang melihatnya ingin mengembalikan sepedaku," kata mahasiswi 21 tahun (2581009 "), saat dihubungi Liputan6.com melalui telepon, Rabu (20/12/2017). ).

 

 

ilustrasi pencurian sepeda motor (Foto: bennetts.co.uk).

Menurut Widya, motornya dicuri saat dia sedang menghadiri pernikahan salah satu kerabatnya pada Sabtu siang, 16 Desember 2017.

Motor warga Citadel, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, diparkir di Gedung AAC Dyan Dawood, sebelah kiri dari Gampong Kopelma Darussalam, Kabupaten Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

"Saya memarkir motor sekitar pukul 13.00 WIB. Tapi saat sampai di rumah, motor saya lenyap," katanya.

Menurut Widya, motornya dicuri sekitar pukul 14.00 WIB. "Pencuriannya hanya berselang satu jam," kata mahasiswa program Bidik Misi 2014 ini.

Mahasiswi Aceh melaporkan kehilangan motor ke Polsek Syiah Kuala, Banda Aceh, dengan laporan polisi Nomor: LP/50/XII/2017/SPK Syiah Kuala, tanggal 16 Desember 2017. (Foto: Widya Maulina/Liputan6.com)

Kemudian pada hari itu, Widya dan rekan-rekannya melaporkan kasus pencurian sepeda motor ke Sektor Polisi Sektor Syiah Kuala (Polsek), Kota Banda Aceh.

Petugas kepolisian Syiah Kuala kemudian menanggapi laporan laporan mahasiswa Aceh dengan laporan polisi Nomor: LP/50/XII/2017/SPK Syiah Kuala, 16 Desember 2017. Polisi juga berjanji untuk segera menginformasikan hasil penyelidikan ke Widya.

Namun, hingga hari kelima, Widya mengaku belum mendengar perkembangan kasus pencurian sepeda motor. "Dari polisi tidak ada kabar," kata Widya, yang kuliah saat bekerja sebagai pemandu wisata tsunami.

Murid yang menerima pekerjaan menjahit di rumahnya juga berharap motornya bisa ditemukan.

Widya menegaskan bahwa dia tidak akan menuntut pencuri saat mengembalikan sepeda motor yang dibeli dari rekening tabungan usaha jahit pekerja keras sejak duduk di SMA atau SMA itu. Ia hanya berharap motor itu bisa kembali. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 8 Foto Viral Paling Heboh, Wilayah yang Memicu Perang

Posted: 19 Dec 2017 09:00 PM PST

Setiap kejadian yang terekam dalam foto punya arti yang bermakna. Di sepanjang tahun 2017, kita sempat disungguhkan dengan foto-foto unik dan menarik yang viral di media sosial.

Selain menghebohkan warganet, foto-foto yang viral juga menuai tanggapan di masyarakat. Ada yang memuji kejadian dalam foto tersebut dan ada pula yang menghujat. Kemunculan tentang viralnya foto-foto tersebut di 2017 kini terangkum oleh Citizen6, Liputan6.com.

Ternyata artikel tentang rangkuman foto-foto yang viral di tahun 2017 juga menjadi artikel yang paling populer di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang wilayah yang bisa memicu perang dunia ke-3 di tahun 2018, menjadi artikel kedua terpopuler. Diikuti dengan artikel, viralnya potret Jokowi Muda jadi pengusaha mebel menempati posisi ketiga terpopuler.

Berikut ini Top 3 Citizen6:

1. 8 Foto Viral Paling Heboh Sepanjang 2017, Ada yang Cuma Rekayasa

Kaleidoskop Citizen 2017

Kejadian yang diabadikan dalam foto bisa memberikan banyak makna. Maklum, satu foto memang disebut bisa mewakili seribu kata. Seperti yang terjadi di sepanjang 2017. Beberapa foto unik yang tersebar di media sosial menimbulkan kehebohan karena diartikan beragam oleh warganet.

Ada yang memuji dan ada pula yang menghujat kejadian dalam foto viral tersebut. Padahal, fakta sebenarnya belum tentu sesuai dengan anggapan masyarakat atau warganet. Sejumlah Artikel seputar foto viral itu pun mampu menarik perharian pembaca Citizen6, Liputan6.com sepanjang 2017.  

Selengkapnya..

5 Wilayah Tempat Perang Dunia III Bisa Meletus pada 2018

Tahun 2017 sepertinya bisa dilalui dengan rasa lega karena Perang Dunia III tidak terjadi. Namun, bukan berarti konflik kekuasaan di beberapa negara dunia redup. Malahan, di tempat lain situasi yang sudah sulit semakin bertambah tegang.

Melansir dari The National Interest, 5 krisis berikut dapat menjadi penyebab konflik kekuasaan dan meletusnya perang di tahun 2018.

Selengkapnya..

Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi baru-baru ini mengunggah sebuah foto jadul ketika dia masih aktif mengunjungi pabrik mebel miliknya.

Dalam foto yang diunggah akun Facebook pribadinya itu, Jokowi terlihat berjongkok sambil berbincang bersama sekelompok orang yang berjumlah tujuh pria.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Cara Luluhkan Gebetan Cuek, Tubuh Kanibal Saat Makan Orang

Posted: 19 Dec 2017 09:00 PM PST

Artikel seputar tips bikin luluh hati gebetan yang super cuek ampuh menjadi berita paling populer di kanal Health. Serba salah sih kalau kamu naksir dengan seseorang yang cuek tingkat dewa. Apalagi tipe pria ini paling gengsi untuk mendekati lawan jenisnya lebih dulu. Untuk mendapatkan hatinya, tentu Anda harus berjuang lebih keras. Jangan menyerah, yakin deh cinta Anda tak akan bertepuk sebelah tangan.

Sementara itu berita soal kanibal pemakan orang bertengger di urutan kedua digemari setelah artikel cara luluhkan gebetan. Ternyata yang terjadi di dalam tubuh kanibal yang senang makan daging manusia sangat mengejutkan. Fakta ini terkuak dalam sebuah video ilmu berjudul "What Happens If You Eat Human Brains" yang disutradarai Pat Graziosi.

Artikel ketiga yang jadi trending adalah cara alami bersihkan kotoran telinga. Hal yang kelihatannya sepele ini, terkadang bikin masalah besar. Misalnya, kapas tertinggal di dalam telinga dan sebagainya. Padahal, ada alami yang justru lebih alami dan sehat lho. 

Berikut Top 3 Health:

1. 6 Cara Luluhkan Hati Gebetan yang Super Cuek

Rasa cinta itu bisa datang tiba-tiba dan tanpa diduga. Termasuk siapa pria yang jadi gebetan Anda. Seiring berjalan waktu, Anda tahu kalau dia adalah pria paling cuek. Tipe pria seperti ini biasanya paling gengsi untuk mendekati lawan jenisnya. Untuk mendapatkan hatinya, tentu Anda harus berjuang lebih keras.

Cuek bukan berarti enggak bisa ditaklukkan, bukan? Agar cinta Anda tak bertepuk sebelah tangan, ada baiknya untuk menyusun strategi jitu agar sang gebetan mengerti kalau dia sedang Anda dekati.

Selengkapnya..

 

Pernahkah Anda berpikir, apa yang akan terjadi pada tubuh kanibal yang senang makan daging manusia? Dalam sebuah video ilmu pengetahuan berjudul "What Happens If You Eat Human Brains", sutradara Pat Graziosi mengungkap konsekuensi dari mengonsumsi otak dan tubuh manusia.

"Untuk setiap 100 gram berat otak, Anda berarti menelan 78 kalori, 10 gram lemak, 11 gram protein dan 1 gram karbohidrat. Khawatir penyakit? Anda boleh takut," katanya, seperti dilansir Medical Daily, Selasa (19/12/2017).

Selengkapnya..

 

Kotoran telinga, atau dalam bahasa para ilmuwan disebut juga cerumen, adalah sebuah susbstansi kekuningan yang seringkali kita temukan di telinga. Kotoran tersebut dikeluarkan oleh kelenjar kecil yang terdapat pada rongga telinga.

Kotoran telinga sebenarnya memiliki kegunaan, yaitu melindungi telinga dengan cara menyelubungi rongga telinga. Komponen dari kotoran telinga melindungi rongga telinga dari kotoran, debu, bakteri, dan bahkan iritasi akibat air.

Selengkapnya..

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oki Setiana Dewi Baru Melahirkan, Begini Reaksi Anak-anaknya

Posted: 19 Dec 2017 09:00 PM PST

Oki Setiana Dewi baru saja menambah satu lagi anggota keluarganya dengan melahirkan seorang putra bernama Ibrahim Muhammad Abdullah pada Senin (18/12/2017). Tiga anak dengan jarak usia yang tidak begitu jauh pastinya cukup membuat Oki kerepotan.

Contohnya Khadeejah Faatimah Abdullah, putri kedua Oki Setiana Dewi, yang memang belum terlalu mengerti kalau dirinya kini memiliki seorang adik.

"Kalau Khadeejah (putri kedua) usianya masih dua tahun, jadi dia belum ngerti, adiknya ditepok-tepok, dipukul-pukul, keranjangnya digoyang-goyang," kata Oki Setiana Dewi di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (19/12/2017).

 

Oki Setiana Dewi dan Ory Vitrio bersama dua putrinya. (Instagram Oki Setiana Dewi/Diera Bachir)

Sementara kakaknya, Maryam Nusaibah Abdullah, lebih mengerti dibanding sang adik. Apalagi sejak masih mengadung, Oki membiasakan melibatkan Maryam di setiap kegiatannya.

"Tapi kalau Maryam usianya sudah tiga tahun, Maryam sudah sangat mengerti, dia sangat dewasa untuk anak usia 3 tahun. Karena memang sudah dikondisikan dari awal, sejak masa kehamilan kan saya selalu melibatkan anak-anak. 'coba nih baby Ibrahimmya bergerak di dalam perut, coba dirasain, nanti sebentar lagi dia keluar, kalau udah keluar perut Uma enggak besar lagi, nanti bantuin ya'," kata Oki Setiana Dewi.

 

Jelang persalinan anak ketiganya, Oki Setiana Dewi justru makin giat berbisnis.

Dari situ, bahkan Maryam mengatakan siap untuk membantu mengurus adiknya ketika Oki sudah melahirkan.

"Jadi Maryam tuh udah ngerti, 'mau bantuin ngasih susu, kasih makan, ganti baju, mau bantuin mandi', gitu. Jadi dia udah paham. Maryam sih enggak jealous ya. Cuma (Khadeejah) ini kan belum paham karena masih 2 tahun," kata Oki Setiana Dewi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Digugat Merek Pakaian Tiongkok karena Logo App Store

Posted: 19 Dec 2017 09:00 PM PST

Seiring kehadiran iOS 11, Apple memperkenalkan sejumlah pembaruan, termasuk juga desain logo untuk App Store.

Salah satu perubahan yang dibuat Apple adalah ikon App Store untuk perangkat dengan OS iOS 11 dan MacOS High Sierra. Mulanya, logo App Store terdiri dari pensil, penggaris, dan kuas yang membentuk huruf A. Kini logo barunya memperlihatkan huruf A yang terjalin dari tiga stik.

Sayangnya, Apple mungkin telah melanggar hak cipta perusahaan lain terkait dengan ikon App Store baru yang bentuknya menyerupai huruf A tersebut.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (20/12/2017), merek pakaian asal Tiongkok, Kon, baru-baru ini melayangkan gugatan terhadap Apple terkait dengan pelanggaran hak cipta.

Logo lama App Store.

Kon menuding, logo App Store itu terlalu mirip dengan logo perusahaan mereka. Berdasarkan laporan Phone Radar, Kon berharap mendapatkan kompensasi finansial serta permintaan maaf di depan publik dan meminta Apple untuk berhenti menjual perangkat yang di dalamnya terdapat logo mereka.

Kini, Pengadilan Republik Rakyat Tingkok telah menerima kasus ini, dan kemungkinan kasusnya diputus pada beberapa minggu mendatang.

Memang kalau dilihat sekilas, kedua logo App Store maupun Kon terlihat sama. Namun, jika diperhatikan lebih saksama, pada logo Apple, bagian ujung kaki huruf A tersebut tampak melengkung. Sementara pada logo Kon, ujung kaki huruf A tampak datar dan lebih tajam.

	Casing smartphone merek Iphone dari bahan kulit (Foto: iphone.vc)

Sekadar diketahui, sebelumnya Apple kalah dalam kasus gugatan serupa. Saat itu Apple digugat oleh perusahaan pembuat produk dari kulit gara-gara nama dagang iPhone di Tiongkok.

Sebagaimana dikutip dari The Guardian, perusahaan pembuat casing smartphone dari bahan kulit itu memiliki merek dagang Iphone yang sudah diperolehnya sejak 2007. Adapun pemegang merek dagang produk kulit Iphone adalah manufaktur Xintong Tiandi.

Beberapa produk kulit dari merek dagang Iphone antara lain adalah dompet kulit, casing smartphone, hingga tas tangan.

Sementara itu, Apple memang telah menggunakan prefiks huruf "i" di depan nama produknya sejak bertahun-tahun lalu, misalnya saja iPhone, iPad, dan iPod.

Dari penjualan produk-produk pula, Apple memperoleh keuntungan di berbagai belahan dunia. iPhone pertama kali diperkenalkan pada Januari 2007 di Amerika Serikat. Sayangnya di Tiongkok, Apple baru menjual produk-produknya --termasuk iPhone-- pada 2009.

Apple kemudian membawa kasus merek dagang yang melibatkan Xintong Tiandi ke komisi merek dagang Tiongkok pada tahun 2012 kemudian ke pengadilan, namun kalah pada awal tahun berikutnya.

Apple kalah gara-gara di pengadilan, Apple dianggap gagal membuktikan merek iPhone telah dikenal luas dan akrab di telinga publik Tiongkok.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ibu dan Anak Bertemu Lagi Setelah Terpisah karena Konflik

Posted: 19 Dec 2017 09:00 PM PST

Seorang Ibu terpisah dari anaknya karena daerahnya sempat menjadi wilayah konflik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Salah Pilih, Cari Gaun yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Posted: 19 Dec 2017 09:00 PM PST

Bentuk tubuh wanita ditentukan oleh 4 faktor genetik, yakni posisi panggul dan tulang, lemak, ukuran dan bentuk otot, serta cara otot melekat pada pinggul. Ini akan berpengaruh pada pemilihan pakaian untuk membentuk tubuh lebih sempurna. Melansir dari brightside.me, Selasa (19/12/2017), kenali bentuk tubuh Anda untuk menemukan pakaian terbaik Anda.

1. Square shape

Jika Anda memiliki bokong yang kecil dan tidak ada transisi pinggang, panggul, dan paha yang jelas, kemungkinan Anda memiliki bentuk tubuh persegi. Untuk Anda yang memiliki bentuk tubuh persegi, Anda harus memiliki gaun yang multi layer yang menciptakan volume pada tubuh.

Anda bisa menggunakan gaun berbahan beludru. Jika Anda memiliki gaun yang membentuk pinggang, ini akan menjadi cara mudah dan aman untuk membuat pinggang lebih bervolume.

2. Round shape

Ilustrasi bentuk tubuh (iStockPhoto)

 

Bentuk tubuh ini memiliki bagian pinggul yang terlihat cukup besar. Jika menghadap samping di depan cermin, Anda bisa melihat bokong Anda rata-rata besar dari atas ke bawah hingga transisi ke pinggul.

Bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh seperti ini beruntunglah Anda karena sebagian besar wanita menginginkannya. Namun jika merasa terlalu besar, Anda bisa mengurangi volumenya sedikit saja dengan gaun yang memiliki layer di bagian bawah.

Anda bisa memilih gaun yang fit in dengan dengan layer di bagian bawah. Ini akan mengecoh tampilan Anda yang sebenarnya besar di bagian bokong namun tidak terlalu mencolok.

3. Upside-down heart

Orang dengan tipe ini memiliki bokong yang kecil di bagian atas. Volume bokong lebih terpusat di bagian tengah hingga ke bawah. Garis pinggang hingga pinggul terlihat begitu tajam sehingga menghasilkan siluet yang cukup tegas. Pilihlah dress bergaya empire dengan garis pinggang yang tinggi. Alternatif gaun yang bisa Anda pilih adalah gaun strapless selutut yang fit in dengan bentuk tubuh Anda.

4. V-Shaped (upside-down triangle)

Ilustrasi bentuk tubuh (iStockPhoto)

V-Shaped merupakan bentuk tubuh di mana garis pinggul dan garis panggul lancip ke bawah. Ini akan menghasilkan bentuk seperti segitiga terbalik pada tubuh bagian bawah.

Jika bahu lebih lebar daripada pinggul, kemungkinan Anda memiliki V-Shaped. Ketika memilih gaun, pastikan kain yang digunakan cukup ringan dan jatuh. Anda bisa gunakan gaun dengan kain yang terlihat menumpuk di bagian dada. Gaun retro berbahan sutera ini menjadi pilihan yang tepat untuk V-shaped.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Wakil Wali Kota Mojokerto Terkait Kasus Suap DPRD

Posted: 19 Dec 2017 08:58 PM PST

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Wakil Wali Kota Mojokerto, Suyitno terkait kasus dugaan suap pembahasan perubahan APBD pada Dinas PUPR Kota Mojokerto tahun 2017. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus.

"Benar, dijadwalkan pemeriksaan terhadap Wakil Wali Kota Mojokerto sebagai saksi untuk tersangka MY (Mas'ud Yunus)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (20/12/2017).

Selain Suyitno, KPK juga memanggil Anggota DPRD Kota Mojokerto Fraksi PDIP, Suliyat. Dia akan diperiksa untuk tersangka Mas'ud Yunus dalam kasus dugaan suap tersebut.

Ketua DPRD Kota Mojokerto Purnomo menaiki mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/7). Purnomo diperiksa terkait kasus suap pengalihan anggaran pada Dinas PUPR Kota Mojokerto tahun 2017. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

KPK pada Kamis, 23 November 2017, telah menetapkan Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pembahasan perubahan APBD pada Dinas PUPR Kota Mojokerto tahun 2017. Penetapan tersangka Mas'ud itu merupakan pengembangan dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK.

KPK menduga Mas'ud bersama Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Mojokerto Wiwiet Febryanto memberikan sejumlah uang suap kepada anggota DPRD Kota Mojokerto.

Atas perbuatannya, Mas'ud Yunus disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat 1 huruf a atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tipikor sebagaimana diubah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Ketua DPRD Kota Mojokerto Purnomo usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/7). Purnomo menjalani pemeriksaan terkait kasus suap pengalihan anggaran pada Dinas PUPR Kota Mojokerto tahun 2017. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

KPK mengungkap kasus dugaan suap pemulusan pengalihan anggaran hibah Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) menjadi anggaran Program Penataan Lingkungan pada Dinas PUPR Mojokerto, tahun anggaran 2017.Dari pengungkapan kasus tersebut, KPK menetapkan empat tersangka.

Mereka adalah Ketua DPRD Mojokerto Purnomo, dua Wakil Ketua DPRD Mojokerto Umar Faruq dan Abdullah Fanani, serta Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Kota Wiwiet Febryanto.

Selaku pemberi suap, Wiwiet Febryanto dijerat Pasal 5 ayat 1 huruf a dan atau huruf b Pasal 13 UU No 31 tahun 1999 tentang tipikor sebagaimana diubah UU No 20 tahun 2001 jo Pasal 55‎ ayat 1 ke 1 KUHP.

Sementara, sebagai penerima suap, tiga pimpinan DPRD Mojokerto, yaitu Purnomo, Umar Faruq, dan Abdullah Fanani, dijerat KPK dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 UU No 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: