Rabu, 13 Desember 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


AC Milan Tepis Semua Spekulasi soal Donnarumma

Posted: 13 Dec 2017 10:00 PM PST

Rumor seputar transfer Gianluigi Donnarumma yang berembus kencang dalam sepekan belakangan, akhirnya membuat AC Milan angkat bicara. Rossoneri menegaskan bahwa bukan saatnya membicarakan bursa transfer saat ini.

Meski sudah menandatangani kontrak baru bersama AC Milan pada 11 Juli lalu, yang mengikatnya hingga Juni 2021, rumor kepindahan Donnarumma tidak lantas berhenti beredar. Dikabarkan, agen Donnarumma, Mino Raiola hingga kini masih belum bisa menerima kontrak yang diteken kliennya itu.

"Gigio (sapaan Donnarumma) adalah aset bagi klub, baik dalam hal olahraga, maupun dalam hal keuangan," demikian bunyi pernyataan resmi AC Milan, seperti dilansir Football Italia.

"Semua itu digarisbawahi dengan kontrak hingga 2021, dan dikuatkan dengan adanya dialog yang terbuka dan positif yang senantiasa dilakukan antara sang pemain dengan pelatihnya (Gennaro Gattuso), serta antara sang pemain dengan Direktur Olahraga Rossoneri, (Massimiliano) Mirabelli," lanjut pernyataan klub.

Manajemen AC Milan menegaskan bahwa pihaknya saat ini tengah fokus untuk bangkit dari keterpurukan. Hingga 16 pekan yang sudah berjalan, Donnarumma dan kawan-kawan masih terpaku di peringkat tujuh klasemen dengan 24 poin, terpaut 11 angka dari AS Roma di peringkat empat-jatah terakhir Liga Champions yang menjadi target minimal AC Milan.

"Dengan pengumuman ini, sebagaimana yang telah Gattuso lakukan kemarin, Milan sekarang konsentrasi pada lapangan. Karena di sanalah Rossoneri harus berjuang kembali ke jalur yang benar. Ini belum waktunya pasar transfer dibuka," tambah pernyataan AC Milan.

Sebelumnya, sempat pula beredar kabar bahwa Donnarumma kembali didekati oleh Juventus. Si Nyonya Tua mencoba memanfaatkan situasi kontrak sang kiper yang kabarnya tidak memiliki klausul rilis, sebagaimana diberitakan selama ini senilai 50 juta euro.

Calciomercato memberitakan, Juventus mencoba membajak Donnarumma lewat Raiola, yang memang tidak senang terhadap petinggi AC Milan sejak musim panas lalu. Akan tetapi, Donnarumma kabarnya langsung menolak dengan tegas ide tersebut.

Selain Juventus, klub lainnya yang juga serius mengincar Donnarumma adalah Paris Saint-Germain. Raksasa Prancis itu diyakini siap membayar mahal kiper penerus Gianluigi Buffon itu. Di samping itu juga ada Real Madrid yang tak ingin kalah dalam perburuan.

Berbeda dari Calciomercato, media Italia lainnya, Gazetta dello Sport menyebut bahwa Donnarumma dapat hengkang pada bursa transfer musim dingin bulan depan, atau minimal di akhir musim nanti.

Disebut-sebut, CEO Milan, Marco Fassone diam-diam telah bertemu dengan agen Mino Raiola untuk membahas solusi yang bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak. Akan tetapi, sejauh ini informasi yang beredar masih simpang siur.

Ada yang mengatakan bahwa I Rossoneri akan merelakan kiper andalannya itu seharga 40 juta euro tanpa klausul rilis. Namun, ada juga yang menyebut bahwa kiper 18 tahun itu tak akan mau pindah di bawah harga 70 juta euro.

Tapi yang pasti, keputusan dijual atau tidaknya Donnarumma sangat bergantung pada kondisi keuangan AC Milan, yang kini tengah disorot oleh UEFA. Sebab, mereka tengah terancam mendapat sanksi Financial Fair Play (FFP) setelah menghabiskan dana besar-besaran selama bursa transfer musim panas lalu. (Abul Muamar)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sopir Tertidur Saat Mobil Diderek Petugas

Posted: 13 Dec 2017 10:00 PM PST

Sebuah taksi diderek petugas karena parkir sembarangan. Saat diderek, sang sopir masih tertidur di dalam mobil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negara-Negara OKI Mengutuk Keputusan Sepihak Donald Trump

Posted: 13 Dec 2017 10:00 PM PST

Usai KTT Luar Biasa Soal Yerusalem yang diselenggarakan di Istanbul, Turki, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) merilis pernyataan formal gabungan (joint communique) para negara anggota.

Communique itu berisi 18 sikap OKI dan gagasan langkah diplomasi yang akan dilakukan oleh organisasi tersebut guna menangani isu Al Quds Al Sharif.

Poin pertama communique itu menyatakan bahwa OKI, "Menolak dan mengutuk keras keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Al Quds Al Sharif sebagai Ibu Kota Israel".

OKI juga mendesak seluruh negara anggota untuk, "Memberikan prioritas atas isu Palestina dalam diskursus sehari-hari, agenda politik dan hubungan kemitraan dengan negara lain di dunia".

Dalam poin lain, organisasi itu juga menegaskan kembali bahwa krisis terkait Palestina dan Israel harus diselesaikan secara damai berdasarkan solusi dua negara atau 'two states solution', dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina. Solusi itu dapat dicapai dengan menggunakan mekanisme 2002 Arab Peade Initiative.

Communique itu turut menekankan kembali tentang sentralitas Palestina dan Al Quds Al Sharif untuk umat Muslim dan Kristiani.

OKI juga mendesak seluruh negara anggota untuk tidak mendukung langkah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Organisasi itu juga menekan anggotanya untuk tidak memindahkan kantor misi diplomatik mereka ke Al Quds Al Sharif.

Organisasi itu juga meminta agar Dewan Keamanan PBB bertanggung jawab untuk segera menetapkan status legal terhadap Yerusalem dan menghentikan pendudukan Israel di tanah Palestina.

Communique juga mengimbau kepada negara anggota OKI untuk meninjau kembali hubungan bilateral mereka dengan Israel, demi menyelaraskan sikap keprihatinan dan solidaritas terhadap Yerusalem dan Palestina.

 

Seperti dikutip dari BBC, Kamis 14 Desember 2017, KTT Luar Biasa OKI Soal Yerusalem -- yang menghasilkan Joint Communique sikap dan gagasan langkah diplomatik terkait krisis Al Quds Al Sharif -- tak akan memberikan banyak perbedaan. Khususnya, guna mendesak Amerika Serikat mengubah pendiriannya terhadap Yerusalem.

Mengapa tak memberikan banyak perbedaan?

Menurut laporan Koresponden BBC yang hadir di KTT Istanbul, banyak anggota OKI yang tidak diwakili oleh kepala negaranya dan hanya mengirim pejabat setingkat menteri.

Arab Saudi dan Mesir adalah beberapa negara besar yang menjadi anggota OKI yang hanya mengirim pejabat setingkat menteri pada KTT tersebut.

Hal itu, menurut BBC, seakan menyimbolkan bahwa prioritas negara anggota OKI terkait isu Yerusalem masih belum seragam.

Dampaknya, ketika KTT berlabel 'Luar Biasa' itu masih belum diisi secara penuh oleh kepala negara anggota OKI, maka kecil kemungkinan Presiden Donald Trump akan menghiraukan hasil forum tersebut.

Kendati demikian, beberapa negara anggota OKI menunjukkan komitmen kuat pada krisis yang menimpa Al Quds Al Sharif.

Turki, yang juga anggota NATO, misalnya. Presiden Reccep Erdogan telah melontarkan retorika pedas terhadap AS dalam isu Yerusalem.

Sementara Indonesia, dengan diujung-tombaki oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi gencar mengusulkan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara maupun komunitas internasional guna membahas isu tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Gaya Will Smith dan Putranya di Pemutaran Film Bright

Posted: 13 Dec 2017 10:00 PM PST

Aktor Will Smith bersalaman dengan putranya Jaden Smith saat menghadiri Premiere's Netflix's

Aktor Will Smith bersalaman dengan putranya Jaden Smith saat menghadiri Premiere's Netflix's

Aktor Will Smith dan putranya Jaden Smith  berpose saat menghadiri Premiere's Netflix's

Aktor Will Smith dan putranya Jaden Smith berpose saat menghadiri Premiere's Netflix's

Aktor Will Smith dan putranya Jaden Smith berselfie saat menghadiri Premiere's Netflix's

Aktor Will Smith dan putranya Jaden Smith berselfie saat menghadiri Premiere's Netflix's

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke Lokasi Syuting, Ammar Zoni Kembali Main di Anak Langit?

Posted: 13 Dec 2017 10:00 PM PST

Ammar Zoni tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba pada awal Juli 2017 lalu. Lantaran masalah ini, Ammar pun terpaksa mundur dari syuting sinetron Anak Langit yang tengah dijalaninya saat itu. Peran Ammar di sinetron produksi Sinemart ini pun lantas dimatikan.

Lima bulan berselang, Ammar akhirnya kembali ke lokasi syuting Anak Langit. Kedatangan pemeran Al ini pun sontak disambut suka cita oleh para pemain. Umar Lubis, salah satunya. Pemeran ayah Kei yang dimainkan Cemal Farukh ini semalam bagikan fotonya bersama Ammar di akun Instagramnya.

"Welcome back #home Al @ammarzoni .. tambah #sholeh #sehat #segar #ilmu #ganteng ✊✊" tulis Umay, sapaan akrabnya, dalam keterangan foto.

 

Sinetron Anak Langit

Unggahan foto Umar Lubis pun langsung dibanjiri komentar dari penggemar Ammar. Selain menanyakan kabar, kebanyakan penggemar juga menanyakan kapan Ammar bakal kembali main di Anak Langit. Seperti ditulis akun luissamuel_07, "Kapan ikut main lagi di Anak Langit😊 Kangen kak😂 #ammarzoni"

Tak hanya Umar Lubis saja sebenarnya yang menyambut kedatangan Ammar. Caesar Hito, pemeran Andra dan Cemal juga mengunggah video singkat di Instagram Story mereka. Keduanya nampak tak bisa menyembunyikan rasa bahagia karena bisa bertemu lagi dengan Ammar.

Di Anak Langit, tokoh yang dimainkan Ammar, Caesar dan Cemal diceritakan sebagai saudara sepanti. Ketiganya membuat trio yang dikenal sebagai Trio Kadal atau singkatan dari nama karakter mereka; Kei, Andra dan Al. Belakangan trio ini bubar dan berganti jadi Trio Kadir (singkatan dari Kei, Andra dan Hiro) setelah kedatangan tokoh Hiro yang dimainkan Stefan William.

Lantas, mungkinkah Ammar Zoni akan kembali main di Anak Langit dan mengembalikan lagi kejayaan Trio Kadal? Kita tunggu saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA dan Google Berburu Planet Asing

Posted: 13 Dec 2017 10:00 PM PST

NASA dikabarkan tengah menjalin kerja sama dengan Google untuk menjalankan misi pencarian planet asing atau exoplanet-nya.

Kedua raksasa teknologi ini akan mengumumkan kerja sama pada Kamis (14/12/2017) di Amerika Serikat waktu setempat.

Menurut yang dilansir Popular Mechanics, kerja sama yang akan dijalin akan berfokus pada pengembangan teknologi dan fitur pada teleskop luar angkasa NASA, Kepler, dengan bantuan dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) dan machine learning milik Google.

Kepler sendiri tela menghabiskan waktu bertahun-tahun mengumpulkan data dari ribuan bintang untuk mencari exoplanet yang mengorbit di wilayahnya. Sayangnya, dari ribuan data yang dikumpulkan, kebanyakan ternyata masih belum bisa dianalisis.

Karena itu, kemungkinan besar teknologi kecerdasan buatan milik Google akan menciptakan sebuah algoritma baru untuk membantu NASA lebih mudah mencari exoplanet baru dari data yang belum 'disentuh' Kepler.

Bisa jadi, dengan bantuan Google, NASA akan lebih banyak menemukan exoplanet. Sebelumnya tanpa bantuan Google, Kepler sudah menemukan lebih dari 2.000 exoplanet.

Kepler diluncurkan oleh NASA pada Maret 2009 untuk menjalani misi pencarian exoplanet layak huni.

Ilustrasi Teleskop Kepler milik NASA (NASA/JPL-Caltech)

Selama empat tahun, teleskop tersebut telah memonitori sekitar lebih dari 150.000 benda luar angkasa, serta memastikan ukuran dan cahaya yang diperlihatkan, apakah termasuk ke kategori planet atau tidak?

Bagaimana pun ada perbedaan besar antara bagaimana Kepler mencari planet yang mirip Bumi dengan mencari sebuah 'kehidupan baru'.

NASA mengungkap, teleskop yang ada pada saat ini dinilai tidak kuat untuk meneliti planet tersebut dengan dekat, agar bisa memastikan adanya kandungan air atau oksigen untuk memproduksi fotosintesis.

Dari 5.000 kandidat planet yang ditemukan, kini lebih dari 3.200 planet telah diverifikasi oleh NASA.

"Sebelum Kepler diluncurkan kami tidak tahu soal keberadaan exoplanet di galaksi. Terima kasih untuk Kepler dan komunitas riset pencarian planet. Kini kami tahu harus mencari lebih banyak exoplanet layak huni," kata Natalie Batalha, kepala riset misi Kepler di NASA.

"Penemuan ini tentunya sejalan dengan misi masa depan kami untuk mengungkap bahwa kita tidak hidup sendiri di alam semesta ini," pungkasnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Wafat, AM Fatwa Sedang Menyusun Buku Otobiografi

Posted: 13 Dec 2017 09:56 PM PST

Anggota DPD RI, AM Fatwa, tetap beraktivitas meski dalam kondisi sakit dua tahun terakhir. Sebelum wafat, ia rupanya sedang berusaha menulis buku otobiografinya.

Hal itu diungkapkan Keponakan AM Fatwa, Andi Agung Baso Amri. Saat ini naskah buku otobiografi yang mengisahkan perjalanan hidup AM Fatwa sudah mencapai sekitar 300 halaman. Rencananya buku tersebut akan berjumlah sekitar 500 halaman.

"Biografi tentang semasa hidupnya semasa masih di NTB segala sampai dia masuk Marinir, ke DKI dan lain-lainlah riwayatnya," ujar Andi Agung.

A. M. Fatwa pun tak pernah luput menulis meski dirinya berada di rumah sakit. Dalam kondisi sakit, ia dibantu asistennya.

"Saya menyaksikan sendiri waktu di rumah sakit saya besuk, sementara ngobrol, asisten dan ajudannya mengetik," imbuh Andi Agung.

AM Fatwa wafat tadi pagi di RS MMC Jakarta. Ia didiagnosis mengalami kanker hati. 

 

Anggota DPD DKI Jakarta AM Fatwa saat diskusi Bincang Senator dengan tema

Sekretaris Jenderal ICMI Jafar Hafsah mendatangi rumah duka Anggota DPD A. M. Fatwa. Menurut Jafar, AM Fatwa adalah pribadi yang tenang dan gemar berdiskusi.

"Beliau itu tenang dan sepertinya, dia juga mateng dengan perjalanan ilmunya juga kedalam ya pengalaman begitu baik dan kemudian dia juga manusia pembelajar sehingga kalau kita bertemu itu berubah menjadi diskusi," tutur Jafar di rumah duka AM Fatwa, Pejaten, Jakarta Selatan (14/12/2017).

Ia menuturkan almarhum sering berdiskusi mengenai banyak hal seperti agama dan politik. Selain itu AM Fatwa dinilai arif dalam memaknai kehidupan.

"Dia selalu memberikan falsafah-falsafah bahasa kearifan bagaimana menjalani hidup ya bagaimana kita," tutur Jafar.

AM Fatwa juga berpesan agar politik digunakan sebagai alat perjuangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangkit EBT Terus Bertambah, Harga Listrik Makin Terjangkau

Posted: 13 Dec 2017 09:55 PM PST

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa dalam tiga tahun terakhir pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) terus bertambah. Kenaikan EBT tersebut berdampak kepada harga listrik.

Kepala Biro Komunikasi, Layananan Informasi Publik, dan Kerja Sama (Biro KLIK), Kementerian ESDM ‎Agung Pribadi mengatakan, dalam kurun 2014 hingga 2017, penambahan kapasitas terpasang pembangkit EBT terus bertambah untuk mewujudkan target bauran energi primer EBT pada 2025 sebesar 23 persen.

"Setidaknya terdapat enam sumber daya energi terbarukan yang dimiliki Indonesia, yaitu energi air, surya, angin, arus laut, bioenergi dan panas bumi," kata Agung, di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Total potensi sumber daya energi yang berasal dari energi air, surya, angin, arus laut, bioenergi dan panas bumi‎ diperkirakan sebesar 441,7 Giga Watt (GW). Sedangkan kapasitas terpasang hingga saat ini baru sebesar 9 GW atau 2 persen dari total potensi.

Khusus untuk panas bumi, Indonesia memiliki total potensi 28,58 GW yang tersebar di 331 lokasi daerah sepanjang busur vulkanik. Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia yang berada di salah satu kerangka tektonik yang paling aktif di dunia yakni perbatasan Indo-Australia, Pasifik, dan lempeng tektonik Eurasia.

Kapasitas terpasang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia terus meingkat, pada 2014 sebesar 1.403,5 MW dan bertambah menjadi 1.808,5 MW pada 2017.

Agung mengungkapkan, di sisi harga pembelian listrik PLN dari pengembang EBT pun semakin kompetitif. Sebagai gambaran, pada 2015, PLTP Kamojang Unit 5 dengan kapasitas 35 MW harga yang ditetapkan sebesar US$ 9,4 cent per kilo Watt hour (kWh).

Setahun kemudian, pada 2016 beroperasi beberapa PLTP seperti PLTP Ulubelu Unit 3 dengan harga sebesar US$ 7,53 cent per kWh dan PLTP Sarulla Unit 1 kapasitas 110 MW dengan harga sebesar US$ 6,79 cent per kWh.

Sementara pada tahun 2017 diantaranya juga beroperasi PLTP Ulubelu Unit 4 berkapasitas 55 MW, US$ 7,53 cent per kWh dan PLTP Sarulla Unit 2 110 MW, US$ 6,79 cent per kWh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Suasana  pembangunan PLTP Unit 5 &  6 di Tompaso, Sulut, Rabu (30/3/2016). PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) terus mengembangkan energi baru terbarukan yang berfokus pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain panas bumi, untuk pembangkit listrik bioenergi, kapasitas terpasang pada tahun 2014 adalah sebesar 898,5 MW, dan meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2017 menjadi 1.812 MW dimana sebagian besarnya merupakan pembangkit off-grid.

Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) kapasitas terpasang pada tahun 2014 sebesar 122,7 MW, sedangkan pada tahun 2017 semester I sudah mencapai 259,8 MW.

"Selain kapasitas yang semakin bertambah, harga listrik dari pembangkit EBT pun semakin murah. Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa harga listrik harus terjangkau dan dapat dinikmati oleh seluruh rakyat," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Soroti Naluri Membunuh Striker MU

Posted: 13 Dec 2017 09:50 PM PST

Manchester United (MU) mencatatkan kemenangan 1-0 atas Bournemouth di Old Trafford Stadium, Rabu (13/12/2017) atau Kamis dini hari WIB dalam lanjutan Liga Inggris. Romelu Lukaku menjadi pahlawan kemenangan MU.

Sundulan striker berusia 24 tahun itu usai memanfaatkan umpan lambung Juan Mata mengoyak gawang Bournemouth yang dikawal Asmir Begovic.

"Itu merupakan umpan silang yang bagus dari Mata dan sundulan bagus," ujar manajer Setan Merah, sebutan MU, Jose Mourinho di laman resmi klub.

Namun demikian, Mourinho menyayangkan minimnya naluri membunuh striker MU di laga melawan Bournemouth. Bahkan, Setan Merah mendapat tekanan hebat dari Bournemouth di penghujung laga.

"Di babak kedua, ada gerakan yang bagus dari Lukaku, tapi tidak ada ketajaman untuk membunuhnya. Kami melewatkan kesempatan untuk mencetak gol kedua untuk menarik napas," ucap Mourinho.

"Dalam 10 atau 15 menit terakhir, mereka lebih segar dari kami. Mereka punya waktu istirahat satu hari lebih banyak dari kami. Sedangkan MU baru saja menjalani pertarungan berat, derby Manchester, tiga hari lalu," katanya.

Mourinho juga membahas dua peluang emas yang dimiliki striker MU lainnya, Anthony Martial dan Marcus Rashford.

"Kami punya peluang dari sepakan Martial yang tidak beruntung. Kemudian ada tembakan menakjubkan dari Rashford yang mengenai tiang. Itu merupakan dua peluang terbaik kami yang gagal," ujar pria berusia 54 tahun tersebut.

Namun, Mourinho puas dengan penampilan lini pertahanan MU. Gawang David De Gea kembali bersih dari gol. Itu merupakan clean sheet ke sepuluh pada musim ini.

"Tujuan kami memenangkan pertandingan dengan nyaman. Tapi, kami juga berhasil mencatatkan clean sheet, itu membuat saya sangat bahagia," ujar manajer asal Portugal tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesedihan Young Lex Ditinggal Ling Ling untuk Selamanya

Posted: 13 Dec 2017 09:50 PM PST

Senyum Young Lex hilang seketika saat dirinya harus kehilangan Ling Ling. Dia paling setia, menemaninya selama 10 tahun belakangan.

 Young Lex kehilangan anjing kesayangannya, Ling Ling [foto: instagram.com/young_lex18]

Ling Ling yang dimaksud Young Lex bukanlah seorang manusia melainkan seekor anjing yang dipeliharanya sejak ia masih duduk di bangku SMA. Setiap hari, Ling Ling lah yang setia menyambutnya pulang.

"Selama 10 Tahun dari jaman gue naik motor, motor gue masih jauh dia udah siap nyambut gue pulang dengan riang dan Exited! Penyambutannya ga pernah berubah," kenang Young Lex.

Rabu (13/12/2017) kemarin, Ling Ling meninggalkan Young Lex untuk selama-lamanya. Dari Ling Ling, rapper berusia 25 tahun itu mengaku belajar banyak soal kesetiaan.

 Young Lex kehilangan anjing kesayangannya, Ling Ling [foto: instagram.com/young_lex18]

Bahkan kabarnya Ling Ling sempat menanti Young Lex pulang sebelum mati. "percaya ga percaya, nyokap gue sambil mangis bilang, udah ga usah nunggu gue pulang udah ling ling bobo aja, ga lama Ling-Ling Tarik napas terakhirnya, SEDIH BANGET !" paparnya.

 

Young Lex [foto: instagram.com/young_lex18]

Kesedihan yang dirasakan Young Lex semakin dalam saat dirinya tak berada di sisi Ling Ling kala anjing peliharaannya itu mati.  "Ling ling meninggalnya knp pas gue lagi shooting sih? Sedih banget! Aaaa" ungkap rapper bernama asli Samuel Alexander itu.

Kini, Young Lex tak bisa lagi melihat keceriaan Ling Ling saat menyambutnya pulang ke rumah. Ling Ling sudah tenang di alam sana.

"Selama 10 Tahun tiap pulang di sambut skrg udah ga ada lagi yang nyambut, makasih ya 10 Tahunnya ling," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Sebut Tol Becakayu Jadi Penyebab Banjir di Cawang

Posted: 13 Dec 2017 09:47 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan pokok permasalahan banjir di Ibu Kota yang terjadi akhir-akhir ini. Menurut dia, banjir saat ini bukan soal sungai yang mesti dinormalisasi, tapi banyaknya titik genangan yang muncul.

"Yang sekarang masalah genangan-genangan ini karena saluran air," kata Anies di Jalan DI Pandjaitan, Jakarta Timur, Kamis (14/12/2017).

Menurut Anies, saluran air banyak terimbas pembangunan di Jakarta. Salah satunya proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

"Rencananya agar hadirnya Tol Becakayu memberikan manfaat pengguna tol dan bagi orang yang di bawah tol. Jangan yang menggunakan tol nyaman, dibawahnya kena masalah (banjir). Kita ingin semua bebas masalah," ujar Anies.

Menurut Anies, dampak dari proyek Tol Becakayu telah membuat terowongan di Cawang sempat banjir pada 12 Desember. "Anda liat saja di sini begitu tergenang, Cawang terkunci (macet) sampai priok karena genanagan air," ungkap Anies.

Awalnya, saluran air di lokasi tersebut mencapai tiga meter lebih. Kini menyempit dengan dibuat hanya 1,2 meter saja. Anies lantas meminta perbaikan ulang, minimal kembali seperti semula.

"Ini dekat jalan. Karena pergeserannya tidak dibuat lebih besar. Ukurannya biar para enginering yang menyiapkan pasnya. Karena sebelumnya hampir 3 meter," Anies menandaskan.

Aktivitas proyek pembangunan kereta ringan LRT (Light Rail Transit) Jabodetabek di Tol Jagorawi, Jakarta, Selasa (28/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya Anies menyebut banjir di Jakarta salah satunya diakibatkan oleh proyek pembangunan MRT dan LRT.

"atsu (Jalan Gatot Subroto) daerah selatan yang terjadi genangan cukup tinggi Kuningan. Saya komunikasi, cek langsung masalahnya adalah karena sebagian dari tali air terhambat proyek yang sedang berjalan, baik MRT, LRT maupun proyek lain," kata Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Selasa 12 Desember 2017.

Anies menyebut, Dinas Sumber Daya Air sudah mengingatkan pihak proyek untuk menyelesaikan tali air yang terhambat karena proyek pembangunan, namun tidak ada tindak lanjut. Oleh karena itu ia memastikan akan menindak tegas.

"Kita akan tegas bahwa jangan menyepelekan soal saluran air, proyek harus jalan tapi saluran air juga harus diperhatikan karena itu merepotkan warga," ujarnya.

 

Kondisi pembangunan LRT Jabodebek di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (26/9). Pembangunan LRT (Light Rail Transit) Cawang-Dukuh Atas pada ruas Jalan HR Rasuna Said saat ini sudah sampai pada pengecoran tiang pancang. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Kontraktor pembangunan LRT, PT Adhi Karya pun telah menjawab tudingan Anies tersebut.

Melalui akun Instagramnya, @adhikaryaid, pihak Adhi Karya mengatakan, proyek LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi) selalu berusaha mengoptimalkan dan menjaga drainase yang ada.

Mereka juga menyebut membuat lubang masuk air (water inlet) langsung ke gorong-gorong di bawah jalan di sepanjang Jalan Rasuna Said Kuningan, tepatnya di lokasi Proyek LRT Jabodebek, untuk menghindari terjadi genangan air.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Ragu Bongkar Korupsi, Kirim ke IndonesiaLeaks.id

Posted: 13 Dec 2017 09:45 PM PST

Selama ini perlindungan kepada informan publik dinilai masih minim. Mereka yang membocorkan informasi penting di dalam institusinya akan berhadapan dengan pidana bahkan persekusi. Kini para informan publik tidak perlu ragu apalagi takut untuk berbagi informasi data atau dokumen terkait kepentingan publik.

Di bawah platform yang dapat diakses melalui https://indonesialeaks.id ini, para informan publik dapat memberikan data atau dokumen-terkait kepentingan publik. Platform ini juga turut menggandeng 10 media massa dalam lima organisasi masyarakat sipil dalam penyediannya. Data yang dikirim tiap informan, selanjutnya akan diverifikasi oleh media yang terlibat.

"IndonesiaLeaks dirancang sebagai sebuah platform bersama, kolaborasi antara 10 media untuk berbagi peran, tanggung jawab, sumber daya dan risiko. Dengan dilakukan bersama, kami berharap dampak liputan investigasi juga akan lebih besar dan luas." jelas Pemimpin Redaksi Tempo.co Wahyu Dhyatmika, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (14/12/2017).

Direktur Eksekutif Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi (JARING), Eni Mulia, mengatakan IndonesiaLeaks merupakan sebuah terobosan dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang bersih dari praktik korupsi.

Menurut dia, ada tiga hal mendasar dari lahirnya IndonesiaLeaks, yaitu teknologi mutakhir yang menjamin kerahasiaan dan keamanan identitas para informan, kerjasama antarmedia dalam menggarap laporan investigatif kasus korupsi, "Serta partisipasi piublik dalam berkontribusi pada upaya pengawasan dan penghapusan korupsi," jelas Eni.

Direktur LBH Pers Nawawi Baharudin mengatakan, dengan platform digital IndonesiaLeaks meminimalisir mereka yang akan memberikan data atau dokumen terkait kepentingan publik dari risiko ancaman, baik pribadi atau keluarga.

Selain itu, kerjasama antarmedia dalam menindaklanjuti laporan informan juga akan meningkatkan kualitas informasi melalui jurnalisme investigatif dengan liputan yang mendalam dan komprehensif.

"Secara tidak langsung hal lni akan membedakan kualitas media arus utama dengan media sosial yang sekarang banyak menjadi media penyebaran hoaks. Maka terhadap lnisiatif itu, LBH Pers mendukung dan akan melibatkan diri dalam kerja yang penuh tantangan ini," kata Nawawi.

 

Indonesialeaks.id

Platform IndonesiaLeaks inl merupakan sebuah platform mandiri yang memungkinkan para informan publik melaporkan data dan dokumen terkait kepentingan publik secara anonim.

Pihak media akan menelusuri lebih Ianiut laporan tersebut lewat verifikasi jurnalistik dan jika dokumen yang diserahkan akurat maka sebuah kerja kolaborasi investigasi jurnalistik antarmedia akan dilakukan terkait laporan tersebut. Melalui kolaborasi ini akan lahir pemberitaan menyangkut kepentingan publik yang lebih berkualitas.

Adapun 10 media yang terlibat dalam IndonesiaLeaks adalah, Tempo, Jaring, KBR, CNN lndonesia, The Jakarta Post, Bisnis Indonesia, Suara.com, Independen.id, Sindo. dan Liputan6. Sementara lima organisasi masyarakal sipil yang mendukung platform ini adalah lndonesia corruption Watch (ICW), LBH Pers, Change.org, Greenpeace, dan Auriga.

Inisiasi awal lndonesiaLeaks sendiri dilontarkan oleh empat lembaga yakni Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN). Tempo Institute, Aliansi Jurnalis lndependen Indonesia (AJI Indonesia), dan Free Press Unlimeted.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Negara Indah yang Tersembunyi, Ingin Traveling ke Sini?

Posted: 13 Dec 2017 09:45 PM PST

Negara-negara seperti Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat menjadi tujuan favorit banyak orang untuk traveling. Sebenarnya ada 196 negara di dunia yang mungkin Anda belum tahu. Beberapa negara ini sulit dijangkau dan sama sekali tidak memiliki industri pariwisata. Namun, Inilah yang membuat kunjungan ke negara-negara tersebut bisa begitu memesona. Penasaran? Dilansir dari laman shape.com, inilah 5 negara kecil yang bisa menjadi destinasi wisata selanjutnya

Burkina Faso

Burkina Faso adalah sebuah negara kecil yang terkurung daratan di Afrika Barat dan merupakan salah satu permata tersembunyi di benua ini. Burkina Faso merupakan rumah bagi beberapa satwa liar yang menakjubkan. Jika Anda ingin menikmati Afrika yang belum populer maka pergi traveling ke Burkina Faso akan menjadi pilihan yang tepat.

Tuvalu

Tuvalu adalah salah satu kepulauan di Polinesia yang terancam hilang karena naiknya permukaan laut akibat pemanasan global. Pulau-pulau dengan pemandangan eksotis ini terletak setengah jalan antara Australia dan Hawaii. Titik tertinggi di pulau ini hanya enam belas kaki di atas permukaan laut, jadi jangan berharap ada bisa melihat gunung saat traveling ke sini.

 

Negara yang hanya berukuran 62 mil persegi ini terletak antara Swiss dan Austria. Saat musim dingin, Liechtenstein akan memberikan Anda pemandangan salju yang indah. Bahkan tempat ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin bermain ski.

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Vanuatu

Terletak di Pasifik Selatan, di negara ini, Anda bisa menikmati berbagai hal yang tidak banyak ditemukan di tempat lain, seperti menyelam dengan kapal karam dan terumbu karang, menjelajahi pantai yang belum terjamah, dan mengunjungi gunung berapi yang aktif. Terbayang bagaimana keindahannya bila Anda traveling ke sini?

 

Dikelilingi oleh Afghanistan, China, Uzbekistan dan Kyrgyztan, Tajikistan merupakan tujuan para petualang yang ingin menikmati sensasi hiking serta pemandangan gunung paling spektakuler di dunia. Tak heran para traveler sejati akan berusaha untuk traveling ke sini.

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Risqi Rosmalawati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lukaku Antar MU Kalahkan Bournemouth 1-0

Posted: 13 Dec 2017 09:45 PM PST

Romelu Lukaku menjawab kritik dengan gol tunggal pertandingan bagi kemenangan Manchester United atas Bournemouth di Old Trafford

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Praperadilan Setya Novanto: Kami Harus Bisa Terima

Posted: 13 Dec 2017 09:43 PM PST

Hakim tunggal Kusno menyatakan, permohonan praperadilan atas penetapan Setya Novanto sebagai tersangka kasus e-KTP, gugur. Praperadilan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan gugur karena pokok perkara e-KTP sudah diperiksa di Pengadilan Tipikor.

"Dalam kasus perkara sudah mulai diperiksa oleh pengadilan sedangkan pemeriksaan praperadilan belum selesai maka permohonan praperadilan tersebut gugur," ujar hakim Kusno, dalam sidang, Kamis (14/12/2017).

Salah satu pengacara Setya Novanto, Nana Suryana, mengatakan pihaknya menghargai putusan hakim praperadilan.

"Jadi ya proses ini sudah berlangsung, hakim sudah memutuskan, jadi apa pun keputusan hakim kami hargai dan hormati dan kami harus bisa terima karena peraturan itu demikian," ujar Nana.

Salah satu anggota Biro Hukum KPK, Evi Laila Kholis, mengatakan timnya memang sudah yakin penetapan tersangka bagi Setya Novanto, sesuai dengan prosedur.

"Kami dari KPK yakin dalam penetapan tersangka SN sudah sesuai dengan prosedur dan UU yang berlaku. Bahwa dalam penetapan SN sebagai tersangka sudah diperoleh bukti yang cukup sejak awal penyelidikan," ujar Evi.

 

Tersangka kasus proyek e-KTP Setya Novanto datangi sidang Praperadilan di Pengadilan Tipikor, Jakarta (Liputan6.com/Moch Harun Syah

Menurut dia, putusan hakim telah menciptakan kepastian hukum. Putusan tersebut selaras dengan hukum yang berlaku.

"Putusan hakim sudah sesuai tujuan daripada hukum adalah untuk menciptakan kepastian hukum dan peradilan hukum karena sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Pasal 82 Ayat 1 Huruf d KUHAP dan juga berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi sudah menyatakan hal tersebut," kata Evi.

Evi pun mengatakan bahwa semua pihak harus dapat menghormati putusan praperadilan, hakim praperadilan dan perkara pokok harus dilanjutkan di pengadilan tipikor.

Terdakwa korupsi proyek E-KTP Setya Novanto saat mengikuti sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (13/12). Sidang mendengarkan pembacaan dakwaan oleh JPU KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Majelis hakim Pengadilan Tipikor akhirnya membacakan dakwaan Setya Novanto dalam kasus e-KTP. Pembacaan surat dakwaan dimulai pukul 17.13 WIB. Padahal, sidang pembaca dakwaan ini sudah dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Terdakwa menunjukkan gerak-gerik tidak kooperatif dalam sidang perdananya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 13 Desember 2017. Gerak-gerik itu ditunjukkannya sejak awal sidang hingga akhir.

Sidang pun beberapa kali diskors. Ada saja alasan yang dimunculkannya, mulai dari sakit hingga ke toilet.

Namun, dokter dari Komisi Pemberantasan Korupsi dan RSCM yang direkomendasikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan, Setya Novanto sehat. Oleh karena itu, majelis hakim memutuskan untuk melanjutkan sidang dan dakwaan dibacakan.

Ketua DPR, Setya Novanto, didakwa telah memperkaya diri sendiri dan orang lain dalam kasus e-KTP. Atas perbuatan Novanto, negara rugi sekurang-kurangnya Rp 2,3 triliun dalam proyek pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2012 itu.

"Yang melakukan atau turut serta melakukan secara melawan hukum memperkaya diri sendiri, atau orang lain, atau korporasi," ujar jaksa saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2017).

Selain itu, jaksa menyebut Setya Novanto baik secara langsung maupun tidak langsung telah melakukan intervensi dalam proses penganggaran dan pengadaan barang serta jasa proyek e-KTP.

Hal tersebut bertentangan dengan UU RI Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) juncto Pasal 28 Tahun 1999 tentang penyelenggara negara yang bersih dan bebas KKN juncto UU RI Nomor 17 tahun 2003 tengang Keuangan Negara. (Miranda Nur Husna)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nakhoda Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

Posted: 13 Dec 2017 09:41 PM PST

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) meminta nakhoda kapal untuk memperhatikan faktor cuaca sebelum berangkat berlayar, terutama menjelang layanan angkutan laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Saat ini kondisi cuaca dinilai ekstrem sehingga bisa membahayakan.
 
"Kami terus mengingatkan adanya cuaca ekstrem yang akan terjadi dalam tujuh hari ke depan dengan mengeluarkan Maklumat Pelayaran No: 114/XII/Dn-17 tanggal 11 Desember 2017," kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Marwansyah dalam keterangannya, Kamis (14/12/2017).
 

 
Marwansyah mengatakan momen kenaikan angkutan laut jelang Natal dan Tahun Baru 2018 dimulai pada 18 Desember 2017. Himbauan bertujuan agar seluruh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Kepala Kantor Pelabuhan Batam, Kepala Kantor Unit Penyelenggaran Pelabuhan (UPP), dan Kepala Pangkalan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) serta Kepala Distrik Navigasi di seluruh Indonesia selalu mengutamakan keselamatan pelayaran.
 
Berdasarkan hasil pemantauan Badan Meteorologi Kimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada 10 Desember 2017, diperkirakan pada 10 Desember hingga 16 Desember 2017, cuaca ekstrim dengan tinggi gelombang 2,5 - 4 meter dan hujan lebat akan terjadi di beberapa wilayah.
 
Wilayah tersebut, yakni perairan Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Anambas, Perairan Kepulauan Talaud, laut Sulawesi Bagian Barat dan Tengah, Samudera Pasifik Utara Kepulauan Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua Barat dan Biak.
 
"Untuk itu, sedini mungkin pihak terkait dalam hal ini regulator dan operator termasuk nakhoda harus siap dan dapat mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem," tambah dia.
 
 
Marwansyah melanjutkan, sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan laut, agar para kepala UPT melakukan beberapa tindakan preventif.
 
Pertama, melakukan pemantauan ulang kondisi cuaca setiap hari melalui portal Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk selanjutnya menyebarluaskan hasil pantauan kepada pengguna jasa dan menempelkannya di terminal penumpang.
 
"Bila kondisi cuaca membahayakan keselamatan, maka pemberian Surat Persetujuan Berlayar (SPB) agar ditunda hingga kondisi cuaca di wilayah yang akan dilayari benar-benar aman," ujar Marwansyah.
 
Kepada operator kapal khususnya nakhoda, diminta untuk melakukan pemantauan cuaca sekurang-kurangnya enam jam sebelum berlayar untuk selanjutnya melaporkan kepada syahbandar guna mengajukan permohonan SPB.
 
Lebih lanjut Marwansyah menyebutkan bahwa saat dalam pelayaran, nakhoda juga harus melaporkan kondisi cuaca minimal enam jam sekali dan melaporkan kepada Stasiun Radio Pantai (SROP) terdekat dan dicatatkan dalam log book.
 
"Bila kapal mendadak  menghadapi cuaca buruk, maka nakhoda segera melayari kapalnya ke tempat yang lebih aman dengan ketentuan kapal dalam kondisi siap digerakkan," imbuh Marwansyah.
 
Setelah berlindung, nakhoda kapal wajib melaporkan ke Syahbandar dan SROP terdekat dengan menginformasikan posisi kapal dengan jelas. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paul Bantu Rockets Rebut Kemenangan ke-11 Beruntun di NBA

Posted: 13 Dec 2017 09:40 PM PST

Houston Rockets belum terbendung di NBA 2017-2018. James Harden dan kawan-kawan memetik kemenangan ke-11 beruntun. Korban Rockets kali ini adalah Charlotte Hornets yang dihajar 108-96, Rabu (13/12/2017) atau Kamis (14/12/2017) pagi WIB.

Main di kandang sendiri Toyota Center, Rockets langsung tancap gas. Mereka unggul telak di kuarter pertama 38-23. Rockets makin meninggalkan Hornets di kuarter tiga. 

Saat memasuki kuarter empat, Rockets sudah unggul 22 poin. Hornets coba bangkit di kuarter dua. Tapi mereka cuma bisa memangkas jarak 10 poin saja.

Point guard Chris Paul menjadi bintang kemenangan Rockets. Eks pemain Los Angeles Clippers itu membuat double-double dengan 31 poin dan 11 assists ditambah tujuh rebound.

Torehan 31 angka yang merupakan pencapaian terbaiknya di NBA musim ini. Harden menyusul dengan sumbangsih 21 angka.

 

Duet James Harden dan Chris Paul (AP)

Di kubu Hornets, Dwight Howard sebenarnya sudah tampil gemilang dengan membuat 26 poin dan 18 rebound ditambah tiga blok.

Keberhasilan Rockets mengalahkan Hornets tidak lepas dari bagusnya akurasi tembakan tiga angka. Mereka 17 kali melesakkan tembakan tiga angka. Sedangkan Hornets hanya mampu melakukan empat kali.

Kemenangan atas Hornets membuat Rockets menjadi tim terbaik di NBA hingga saat ini dengan rekor 22 kali menang dan hanya kalah empat kali.

Rockets memenang 17 dari 18 laga NBA terakhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menantu Sunan Kalijaga Mengaku Rumah Tangganya Tak Harmonis

Posted: 13 Dec 2017 09:40 PM PST

Baru tiga bulan berjalan, pernikahan Salmafina Khairunnisa dengan Taqy Malik membawa kabar tak mengenakkan. Rumah tangga putri pengacara Sunan Kalijaga itu diisukan sedang goyah.

 Putri Sunan Kalijaga, Salmafina Khairunnisa dan Taqy Malik. (Instagram)

Bahkan keduanya dikabarkan berencana untuk bercerai. Dugaan itu mencuat setelah Salmafina menyinggung soal perceraian di Instagram pribadinya, belum lama ini.

Setelah Salma, kini giliran Taqy Malik yang buka suara soal polemik rumah tangganya. Pria yang dikenal sebagai hafizh muda itu membenarkan kalau pernikahannya dengan putri Sunan Kalijaga memang tengah kalut.

"Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Untuk saat ini, keadaan rumah tangga kami dalam keadaan disharmonize (tidak harmonis)," ungkap Taqy Malik di Instagram pribadinya belum lama ini.

Taqy juga mengungkapkan kalau dirinya dan Salmafina sedang mencoba menyelesaikan permasalahan rumah tangga mereka. "Kami sedang dalam proses settlement (penyelesaian) ke tahap selanjutnya," kata menantu Sunan Kalijaga itu.

 

Putri Sunan Kalijaga, Salmafina Khairunnisa [foto: instagram/@salmafisunan]

Taqy sendiri sejatinya tidak ingin membicarakan permasalahan rumah tangganya ke muka publik. Namun, ia tak ingin isu-isu yang beredar akan menimbulkan fitnah.

"Saya memohon kepada teman-teman semua agar tidak ada yang menjustifikasi satu sama lain dan menghakimi di antara kami berdua," pintanya.

Saat ini, Taqy dan Salmafina sama-sama ingin tenang. Pria berusia 20 tahun itu memohon doa dari semua orang agar ia dan Salma bisa menemukan jalan terbaik untuk rumah tangga mereka.

"Saya memohon biarkan kami berdua tenang. Oleh karena itu, saya mohon doa dari seluruh masyarakat. Doa yang terbaik dan semoga masalah ini cepat selesai dalam keadaan baik, santun, beradab dan berakhlakul karimah," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Sandiaga Pakai Lip Balm, Wanita Indonesia Jelajah Afrika

Posted: 13 Dec 2017 09:31 PM PST

Tingkah laku pejabat yang tak biasa dilakukan di depan publik, memang dapat memancing perhatian masyarakat. Apalagi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang masih terbilang baru jabatannya, kerap menjadi sorotan.

Kali ini ada kejadian yang tak biasa pada sesi wawancara doorstop pada Selasa (12/12/2017) yang lalu. Dalam sesi wawancara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno tiba-tiba mengoleskan lip balm atau pelembab bibir saat sesi wawancara tengah berlangsung.

Awak media yang menghadiri wawancara tersebut secara spontan menangkap tindakan Sandi dengan heran. Ternyata aksi Sandi ini menjadi viral dan mendapat berbagai tanggapan yang menarik oleh warganet.

Artikel tentang viralnya Sandiaga Uno memakai lip balm saat wawancara menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6. Liputan6.com.

Artikel lainnya tentang perempuan asal Indonesia yang jalan darat dari Indonesia ke Afrika, menempati urutan kedua terpopuler. Posisi artikel ketiga terpopuler yakni tentang 10 Meme yang paling kocak sepanjang tahun 2017.

Berikut ini Top 3 Citizen6:

1. Viral Sandiaga Pakai Lip Balm Saat Wawancara, Ini Kata Warganet

Sandiaga Uno

Kali ini Sandiaga Uno yang mendapat perhatian. Ada kejadian yang tidak biasa pada sesi wawancara doorstop pada Selasa, 12 Desember 2017 di Britama Arena Sports Mall. Di depan awak media, Sandiaga Uno tiba-tiba menggunakan lip balm atau pelembab bibir saat sesi wawancara berlangsung.

Awalnya, Sandi merogoh benda kecil berwarna putih dari saku kanannya dan kemudian mengoleskan pelembab itu ke bibirnya. Awak media yang menghadiri wawancara tersebut spontan heran dengan tindakan Sandiaga. Namun, Sandiaga langsung menjawab bahwa bibirnya kering.

Bagaimana tanggapan warganet ya. Selengkapnya...

Wanita asal Jakarta ini keliling dunia dalam 4 bulan ke 18 negara termasuk Rusia dan Tiongkok, hingga tiba di tujuan akhirnya di Maroko. (Doc: Instagram.com/Cyapila)

Ada banyak dari kita bermimpi bisa keliling dunia. Namun, yang benar-benar mewujudkannya bisa dihitung dengan jari. Famega Syavira Putri satu di antaranya.

Famega keliling dunia, dengan perjalanan darat dari Indonesia ke Afrika melewati 18 negara dan 44 kota selama lebih dari 4 bulan. Dia menempuh 23.181 kilometer dalam perjalanan ini, atau lebih dari setengah lingkar bumi.

Selengkapnya..

Banner Grafis Kaleidoskop CItizen6 2017

Meme menjadi salah satu cara warganet untuk merespons beragam kejadian atau momen penting sepanjang 2017. Maraknya meme dan penyebarannya pun didukung kemajuan teknologi komunikasi dan internet.

Untuk tema meme juga sangat beragam. Mulai dari isu politik, hukum, pendidikan, bahkan hari-hari besar nasional pun menjadi acuan warganet dalam membuat meme lucu. Berikut 10 tema meme paling kocak dan viral sepanjang 2017.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bola-Bola Es Misterius Muncul di Teluk Finlandia, Apa Itu?

Posted: 13 Dec 2017 09:31 PM PST

Fenomena aneh terjadi di Teluk Finlandia yang luasnya hampir sama dengan kota Saint Petersburg, Rusia bagian timur. Ribuan bola es aneh ditemukan di sana.

Peristiwa ini menghebohkan warganet. Foto bola-bola es itu tersebar, meluas amat cepat di dunia maya. Sebagian besar netizen tak mempercayai peristiwa itu.

Bola es berbentuk bundar tersebut diperkirakan berdiameter 10 sentimeter. Seorang ahli ekologi asal Rusia percaya, fenomena munculnya ratusan bola es itu disebabkan oleh polusi minyak di laut.

"Tumpahan minyak di dalam air laut bisa menciptakan bola es, tapi itu bukan satu-satunya yang melatarbelakangi fenomena tersebut," kata Ilya Leukhin seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/12/2017).

Pengguna media sosial di Rusia memanfaatkan momen langka ini. Mereka memotret, merekam, mengunggahnya ke internet, hingga menjadikannya bahan lelucon.

Ada yang berkelakar bahwa telah terjadi perang bola salju secara besar-besaran di daerah itu, ada yang membandingkannya dengan buah cranberry, bahkan ada yang berceloteh bahwa bola es itu merupakan kaviar (telur) ikan paus yang terdampar di pantai.

Sebelumnya, seorang asisten profesor dari Departemen Perkiraan Meteorologi di St. Petersburg's Russian State Hydrometeorological University, Gennady Grakhovsky, mengemukakan pendapatnya kepada jaringan televisi Channel 5 di Rusia.

Ia berpendapat, bola-bola es itu terbentuk saat air laut yang beku bertemu dengan kondisi laut yang buruk.

"Karena membeku, air laut melewati tiga fase. Fase pertama disebut lumpur salju (slush), es halus yang mengapung di permukaan air laut," jelas Grakhovsky, seperti dikutip dari Sputnik.

"Bila air laut tenang, lumpur itu berubah menjadi bongkahan es. Bila laut yang tenang itu berombak, bongkahan itu akan dilumatkan menjadi seperti pancake. Namun, bila ombaknya besar, lumpur tadi membentuk gumpalan dan hasilnya adalah bola es itu," jelas Grakhovsky.

 

Ilustrasi: akibat perubahan iklim dan pemanasan global (sumber: wisdominnature.org)

Fenomena aneh sebelumnya dirasakan warga Murmanks yang berjarak 1.487 km di utara Moskow. Mereka akhirnya dapat bernapas lega. Pasalnya, hujan salju berhenti dan suhu udara di kota mereka naik menjadi empat derajat Celsius. 

Dikutip dari laman RBTH pada Juni lalu, kota itu sempat diguyur hujan salju lebat dan orang-orang mengeluhkan betapa dinginnya apartemen mereka.

Apalagi, salju turun di tengah musim panas ketika sistem pemanas sentral di Murmansk, dinonaktifkan.

Ini bukanlah situasi yang lazim terjadi. Meskipun Murmansk adalah salah satu kota paling utara dan paling dingin di Rusia, hujan salju di akhir Juni sangat jarang terjadi.

Namun sepanjang tahun ini, cuaca di Rusia benar-benar penuh kejutan.

Tak seperti wilayah Murmansk, Moskow tak terletak di kawasan Lingkar Arktik. Oleh sebab itu, warga ibu kota Rusia tak merasakan fenomena hujan salju pada Juni ini.

Namun, salju pada Mei lalu memaksa pemerintah untuk membatalkan tradisi parade aviasi militer selama perayaan Hari Kemenangan tanggal 9 Mei.

Selama musim semi lalu, cuaca di Moskow memang berubah-ubah dari cerah ke mendung, kemudian kembali cerah selama beberapa kali.

Namun, hari terberat jatuh pada 29 Mei 2017. Badai tropis memporak porandakan ibu kota Rusia. Angin puyuh mencabut pepohonan dari akarnya dan menerbangkan atap-atap bangunan.

Akibat bencana alam itu, sebanyak 18 orang warga dilaporkan meninggal dunia.

Setelah itu, ada hal lain yang terjadi pada 15 Juni. Hari itu menjadi hari terdingin selama musim panas dalam 138 tahun terakhir.

Air raksa pada alat pengukur temperatur jatuh hingga menyentuh angka 10 derajat Celsius. Meski demikian, hal ini dianggap tak begitu mengejutkan.

Akhir-akhir ini, alam semakin tidak terduga. Misalnya, saat hujan salju di Murmansk baru berhenti, cuaca di Siberia Timur sudah panas terik.

Menurut Oksana Salnikova, seorang ahli meteorologi dari Krasnoyarsk (3.352 km di timur Moskow), suhu di kotanya pada 21 Juni hampir mencapai rekor 37 derajat Celsius.

Sementara di bagian selatan Rusia, penduduk setempat mengeluhkan hujan yang tak kunjung henti. Pada awal Mei lalu di Vladikavkaz, ibu kota Osetiya Utara yang berjarak 1.503 km di selatan Moskow mengalami banjir.

Kota itu tampak seperti Venesia yang terkenal akan kota apungnya. Sementara hujan lebat belum mereda, lumpur telah menghancurkan jembatan sehingga memotong sejumlah akses ke desa-desa di pegunungan.

"Tidak ada air, tidak ada gas, dan tidak ada cahaya. Begitulah keadaan kami di sini," ujar seorang perempuan dari salah satu desa tersebut.

Para ilmuwan Rusia percaya bahwa kelainan alam saat ini berkaitan erat dengan pergerakan front cuaca.

Dmitry Kiktev selaku wakil direktur Hidrometeorologi Rusia, menjelaskan bahwa kondisi aneh ini terjadi karena pergerakan gelombang dingin dari Arktik dan cuaca hangat dari selatan di atmosfer, yang didorong oleh pemanasan global.

"Kondisi iklim menjadi semakin menggelisahkan," kata Kiktev kepada Kommersant.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ABG Cabul Berdalih Terpengaruh Mimpi Basah

Posted: 13 Dec 2017 09:30 PM PST

 

Remaja berusia 14 tahun inisial AP di Kecamatan Pinggir‎, Kabupaten Bengkalis, terpaksa merasakan dinginnya sel tahanan Mapolsek setempat karena nekat mencabuli bocah berusia 7 tahun. Perbuatan itu dilakukannya setelah diberi kesempatan menginap oleh orang tua korban di rumah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo SIK menerangkan, kejadian bermula ketika pelaku yang masih kerabat korban berkunjung pada Kamis 6 Desember 2017. Karena sudah larut malam dan turun hujan, pelaku dipersilahkan menginap dan disediakan kamar.

"Pelaku tidur di kamar belakang, sementara korban yang dirahasiakan identitasnya tidur bersama ibunya di kamar depan," kata mantan Kapolres Pelalawan ini, Rabu 13 Desember 2017 malam.

Menjelang dini hari Jumat 7 Desember 2017, ibu korban terbangun dari tidurnya karena merasa ada yang naik ke kasur. Apalagi kasur di kamar sempat bergoyang sehingga orang tuanya menghidupkan lampu.

Orang tua korban kaget karena anaknya sudah tak ada lagi di kamar. Diapun keluar karena mengira anaknya tadi buang air ke toilet dan bermaksud mengajaknya kembali tidur, tapi sang anak tak ditemukannya.

Tak lama kemudian, orang tua korban masuk ke kamar tempat pelaku tidur. Ketika lampu dihidupkan, alangkat kagetnya orang tua ini melihat anaknya sudah ditindih pelaku. Tanpa pikir panjang, pelaku langsung ditampar dan dipukul.

"Pelaku tak disuruh pulang karena saksi ini memanggil tetangganya untuk membawanya ke Mapolsek setempat," terang Guntur.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Ilustrasi: Pencabulan | via: kaskus.co.id

Kepada saksi, pelaku mengaku khilaf telah berbuat demikian. Dia mengaku terpancing berbuat cabul karena baru saja mimpi berhubungan badan dalam tidurnya. Diapun nekat menjemput korban dari kamar dan mengangkatnya ketika korban tertidur.

"Katanya baru saja mimpi, masih terpengaruh mimpi sehingga berbuat demikian," kata Guntur.

Alasan pelaku tak bisa diterima, hingga tetangga korban bersepakat membawa pelaku‎ keesokan harinya ke Mapolsek setempat. Untuk melengkapi bukti, penyidik di Mapolsek juga melakukan visum terhadap korban.

"Atas perbuatannya ini, pelaku harus menjalani proses pidana sesuai aturan berlaku," ucap Guntur. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Penjual Ayam Tiren di Pasar Jungke

Posted: 13 Dec 2017 09:30 PM PST

Penjual ayam dengan kondisi telah mati sejak kemarin atau ayam tiren di Pasar Jungke, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ditangkap aparat Polres Karanganyar.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Kamis (14/12/2017), pelaku mendapatkan ayam tiren tersebut dari tetangganya yang membuang ayam mati ke perkebunan.

Pelaku berinisial K-M ini diamankan di rumahnya di Gayampodo, Karanganyar, Jawa Tengah. Terbongkarnya kasus ini dari kecurigaan petugas dengan ayam goreng yang dijual di sekitar Pasar Jungke.

Ayam tiren didapat dari kebun tetangganya sendiri yang membuang ayam-ayam ternaknya yang telah mati. Kemudian pelaku menjualnya kepada LS pemilik warung nasi dengan harga Rp 5.000 per ekor, tergantung besarnya ayam tiren.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan 23 ayam tiren di kediamannya. KM dijerat pasal 135 Undang-Undang No 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gertakan Ultras Bikin Kiper AC Milan Gemetaran

Posted: 13 Dec 2017 09:30 PM PST

Tekanan suporter garis keras AC Milan membuat kiper muda, Gianluigi Donnarumma. Pelatih baru tim Rossoneri, Gennaro Gattuso bahkan harus turun tangan untuk menenangkannya. 

Tekanan besar dialami penjaga gawang berusia 18 tahun itu saat Milan bertemu Verona pada lanjutan Copa Italia, Rabu (13/12/2017) atau Kamis dini hari WIB (14/12/2017). Dia bahkan sempat menangis sebelum kick off dan harus dihibur kapten, Leonardo Bonucci. 

Pemicunya, spanduk yang dibentangkan oleh suporter garis keras alias Ultras, AC Milan. Di sana tertulis, "Kesabaran kami telah habis". Ini merupakan respons atas laporan mengenai rencana sang agen Mino Raiola ingin membatalkan perpanjangan kontrak Donnarumma. 

"Dia masih bocah berusia 18 tahun, tentu saja dia gemetaran," kata Gattuso kepada Rai Sport terkait reaksi Donnarumma. "Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah dilakukannya. Di usia seperti itu, dia kiper terbaik di dunia saat ini," katanya. 

Saga Donnarumma memang seakan tidak punya ujung. Sebelumnya, dia sudah sempat bermasalah dengan para pendukung AC Milan gara-gara keinginannya hengkang. Namun suasana mereda, setelah pihak klub berhasil menyakinkan Donnarumma untuk bertahan. 

Namun belakangan, kabar kepergian Donnarumma kembali merebak. Laporan menyebutkan bahwa agennya, Raiola kembali menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Rossoneri. 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

 

Melihat tekanan yang didapat Donnarumma, Gattuso memilih pasang badan. Dia tidak inginn potensi yang terdapat dalam diri Donnarumma redup oleh tekanan dari para suporter.  

"Anda bisa lihat dari wajahnya, dia tidak senang," kata Gattuso.

Tapi saya tahu dia atlet can bocah yang luar biasa. Dia akan mendapat perlindungan dari saya, perlindungan apapun yang bisa saya berikan," kata Gattuso. 

Meski medapat tekanan yang luar biasa sejak awal laga, Donnarumma tetap berusaha tampil maksimal. Dia mampu menjaga gawangnya tidak kebobolan sepanjang dua babak penuh. 

Dalam duel ini, Milan akhirnya keluar sebagai pemenang degan skor 3-0. Hasil ini mengantar Milan melaju ke babak perempat final dan akan bertemu rival sekota, Inter Milan. 

"Saya merasa sangat sedih soal ini, di mana orang-orang menggambarkan seorang bocah layaknya seperti monster dan dia tidak layak menerima itu," kata Gattuso. 

"Untungnya, hanya ada sekitar 9 ribu orang di stadion malam ini, bayangkan bagaimana persaannya kalau seandainya ada 50 ribu orang yang menghinanya," beber Gattuso. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPOM Umumkan Obat Tradisional dan Kosmetika Berbahaya

Posted: 13 Dec 2017 09:30 PM PST

Badan POM RI (BPOM) menggelar Aksi Peduli Kosmetika Aman dan Obat Tradisional (OT) Bebas Bahan Kimia Obat (BKO). Pada kesempatan tersebut, BPOM memublikasikan OT yang mengandung BKO dan kosmetika yang mengandung bahan berbahaya yang ditemukan sepanjang 2017 dalam bentuk peringatan publik/public warning.

Daftar Obat tradisional yang mengandung BKO ini ditemukan sebagai hasil pengawasan peredaran produk yang dilakukan secara rutin oleh BPOM dari Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Dari kebanyakan OT yang ada, BKO yang paling banyak ditemukan adalah Sildenafil dan turunannya. BKO ini bisa menimpulkan efek kehilangan penglihatan dan pendengaran, stroke, serangan jantung, sampai kematian.

Selain itu ditemukan juga BKO yang berfungsi sebagai pereda nyeri seperti Fenibutazon.

Kepala Balai Besar BPOM DKI Jakarta Dewi Prawitasari memberi pernyataan saat menunjukkan barang bukti kasus peredaran obat dan bahan berbahaya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tak cuma obat tradisional, BPOM juga menemukan 26 jenis kosmetika yang mengandung bahan berbahaya. Bahan berbahaya yang paling banyak ditemukan adalah merkuri, bahan pewarna merah seperti K3 dan merah K10.

Ketiga bahan tadi bisa berbahaya untuk kesehatan. Merkuri bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan teratogenik (mengakibatkan cacat pada janis).

Begitu juga dengan K3 dan K10 yang keduanya bersifat karsinogenik. Ada juga kosmetika yang mengandung bahan yang seharusnya tidak boleh ada, seperti Klindamisin.

Produk-produk tidak aman tadi telah ditarik dari peredaran dan dimusnahkan. Menurut Kepala Badan Pom RI, Penny K Lukito, dalam keterangan pers, ditulis Kamis (14/12/2017), pemusnahan OT yang tidak memenuhi persyaratan mencapai nilai Rp 23,9 miliar. Produk-produk ini juga ditarik izin edarnya.

Hal yang sama juga telah dilakukan terhadap seluruh temuan kosmetika yang mengandung bahan berbahaya. Izin edar kosmetika ini juga dibatalkan, dan produknya ditarik dari perederan dan kemudian dimusnahkan. Pemusnahan kosmetika yang mengandung bahan berbahaya mencapai nilai Rp 20,4 miliar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun Tidur Langsung Berpose, Nagita Slavina Tetap Memesona

Posted: 13 Dec 2017 09:30 PM PST

Kecantikan alami Nagita Slavina kembali menjadi perhatian publik. Hal tersebut terlihat dalam sebuah foto yang diunggah adik Raffi Ahmad, Syahnaz Sadiqah, di Instagram pribadinya, Kamis (14/12/2017).

Wajah Nagita Slavina terlihat tambah cantik saat dimakeup. (foto: instagram.com/bubahalfian)

Dalam foto itu, Nagita Slavina tampak berpose bersama Shahnaz Sadiqah, Nisya Saadia, dan Amy Sadiqah. Rupanya, saat itu mereka tengah memberi kejutan untuk Amy Sadiqah yang tengah berulang tahun ke-53.

"Morning surpriseeeee buat mamakuuuuu... dikala anak2nya masih muka bantal semua," tulis Syahnaz Sadiqah dalam keterengan foto.

Wajah Nagita Slavina tampak bersih dari riasan wajah. Tubuhnya pun hanya dibalut pakaian tidur berwarna putih dan berbahan tipis. Ia tersenyum simpul ke arah kamera.

 

 

Nagita Slavina memberi kejutan untuk sang ibu mertua, Amy Qanita.(Herman Zakharia/Liputan6.com)

Tak perlu waktu lama, foto itu langsung menjadi pusat perhatian publik. Sebagian besar warganet mengagumi kecantikan alami keempat selebritas terkenal tersebut, terlebih Nagita Slavina.

"Wanita2 cantik yang pada gak.make up ttp cantik," tulis @beibyfanie94.

"Gigi bangun tidur aja cantik yaa subhanallah nikmat tuhan mana yang kamu dustakan a @raffinagita1717," sahut @diian2304.

"Mamagi wajahx ttp glowing meski baru bangun tidur, cantiiiikk," ungkap @ulfaia2899.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tangis Haru Ibu Bertemu Anaknya yang Diculik

Posted: 13 Dec 2017 09:30 PM PST

Suasana haru menyelimuti pertemuan orang tua dan anaknya yang menjadi korban penculikan, di Blitar, Jawa Timur.

Pelaku yang sempat membawa kabur selama dua puluh empat jam ini juga mengancam akan membunuh korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nintendo Switch Terjual 100 Juta Unit

Posted: 13 Dec 2017 09:30 PM PST

Nintendo baru saja mengumumkan pencapaian yang luar biasa terkait konsol terbarunya, Switch. Diluncurkan pada Maret 2017, perusahaan mengungkap konsol hybrid-nya ini sudah terjual 100 juta unit di hampir seluruh negara.

Sejak diluncurkan, konsol ini langsung laris manis dan tak lama mejeng di berbagai toko-toko gim di berbagai negara di dunia.

Bahkan, kecepatan konsol ini terjual di pasaran hampir menyamai konsol yang Nintendo luncurkan sebelumnya, yakni Wii.

Diketahui, sejak diluncurkan pada 2006 hingga saat ini, Wii sudah terjual hingga 100 juta unit di dunia.

Memperkuat laporan tahunan itu, Variety memprediksi angka penjualan Switch akan semakin naik beberapa hari mendatang jelang musim libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Dilansir Nintendo, Kamis (14/12/2017), penjualan Switch diproyeksikan untuk tahun pertamanya bisa terjual lebih dari 16,7 juta unit. Ini berarti Switch lebih unggul 3 juta unit untuk penjualan tahun pertama Wii.

 

Final Fantasy XIV di Nintendo Switch. (Foto: Gamespot)

Apa yang membuat konsol baru buatan Nintendo ini bisa sukses di pasaran? Ada dua faktor utama yang berkontribusi untuk tingginya angka penjualan Switch.

Adapun dua faktor tersebut adalah konsep konsol hybrid yang ditawarkan ke pengguna dan deretan judul gim yang didukung oleh pengembang dan penerbit gim kelas atas atau pun indie.

Seperti yang sudah kamu ketahui, konsep konsol gim portable sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru Switch yang mampu menghadirkan pengalaman bermain gim konsol secara on-the-go dan di TV secara optimal.

Meski hadir sebagai konsol baru dan tidak memiliki kemampuan hardware seperti konsol Ps4 dan Xbox One, nyatanya membuat pengembang gim terus meluncurkan gim-gim miliknya di Switch.

Tak hanya judul gim baru yang hadir ke Switch, judul gim nostalgia seperti Super Mario, Mario Kart, dan Zelda pun dibuat ulang untuk memaksimalkan potensi konsol hybird ini.

Well, apakah kamu tertarik untuk menambah koleksi konsol gim kamu jelang akhir tahun ini?

(Ysl/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AM Fatwa Didiagnosis Kanker Hati sejak 2 Tahun Lalu

Posted: 13 Dec 2017 09:29 PM PST

Anak ke-5 AM Fatwa, Rijalulhaq Fatwa, mengungkapkan, sang ayah berjuang melawan sakitnya sejak dua tahun lalu. Kondisinya memburuk tiga pekan belakangan.

"Sudah dirawat kurang lebih tiga minggu, jadi penyakitnya kanker hati dari diagnosa dokter sudah sekitar dua tahun yang lalu," ujar Rijal di rumah duka (14/12/2017).

Fatwa tidak hanya menderita kanker hati. Dokter juga sempat mendiagnosisnya mengidap hepatitis.

Selama dua tahun terakhir, menurut Rijal, AM Fatwa sering keluar masuk rumah sakit. Ia menuturkan, keluarga terus mengupayakan langkah terbaik bagi penyembuhan anggota DPD tersebut dengan berbagai macam pengobatan.

Terakhir ,A. M. Fatwa harus dirawat selama 3 minggu di RS MMC. Malam tadi Fatwa masuk ke dalam ruang ICU. Dokter yang menangani Fatwa pun langsung mengingatkan agar keluarga bersiap menghadapi kemungkinan terburuk.

 

Para Tamu Mulai Padati Rumah Duka AM Fatwa

AM Fatwa punya karakter yang membekas bagi keluarga. Rijal menilai ayahnya sebagai sosok pejuang yang menginspirasi.

"Sosok selain orangtua ya tentu sosok inspirasi bagi umat kan Beliau besar di organisasi aktif dengan berjuang," ujarnya menggambarkan sosok Fatwa.

Meskipun jadwal kegiataannya padat dan jarang berada di rumah, Fatwa tetap berusaha menjalin komunikasi dengan keluarga. Ada satu nasihat AM Fatwa yang paling didingat Rijal.

"Berbuat banyak untuk keluarga," tutupnya kepada awak media.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Legenda Bulu Tangkis Bicara Keterpurukan Sektor Tunggal Putra

Posted: 13 Dec 2017 09:25 PM PST

Dua legenda bulu tangkis Indonesia, Rudy Hartono dan Liem Swie King, menantikan kebangkitan Indonesia pada nomor tunggal. Mereka prihatin karena tunggal putra selama bertahun-tahun sulit berprestasi. 

Berjayanya pasangan putra Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon dan ganda campuran Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir memberikan sedikit ironi bagi pencinta bulu tangkis Indonesia. Prestasi itu membuat publik merindukan kejayaan pada nomor tunggal putra.

Bukan tanpa alasan, sejak zaman Rudy Hartono, Liem Swie King, Hariyanto Arbi, hingga Taufik Hidayat, Indonesia kerap berjaya pada nomor tunggal putra. Pebulu tangkis asal Indonesia menjadi sosok yang ditakuti pada nomor tersebut.

Namun, prestasi Indonesia pada nomor tunggal putra cenderung menurun dalam beberapa tahun terakhir. Tunggal putra andalan Indonesia, seperti Anthony Ginting dan Jonathan Christie belum bisa menyamai prestasi dari para pendahulunya.

Menurut Rudy Hartono, ada yang kurang dengan pembinaan bulutangkis saat ini.

"Saat ini, Indonesia tidak menguasai semua nomor seperti ketika saya masih bermain, kita harus bersaing keras dengan negara-negara yang dulu tidak diperhitungkan. Berarti ada kekurangan pada pembinaan bulu tangkis," ujar Rudy Hartono ketika ditemui Bola.com di Hotel Bidakara Jakarta.

"Beberapa tahun terakhir, Indonesia kekurangan pemain tunggal yang berkualitas. Saya berharap, pada masa depan Indonesia kembali mendominasi di nomor tunggal," lanjutnya.

Hal serupa diungkapkan Liem Swie King. Menurutnya, banyak faktor yang membuat Indonesia kekurangan prestasi pada nomor tunggal putra.

"Saya prihatin melihat prestasi tunggal putra, sudah sekian lama kita lihat kosong (prestasi). Itu yang sudah sekian lama kita tunggu-tunggu (pemain tunggal putra hebat). Menurut saya, banyak faktor yang membuat tunggal putra kita tertinggal, seperti sistem poin yang berpengaruh," kata Liem Swie King kepada Bola.com.

"Selain itu, menurut saya anak-anak muda sekarang juga latihan kurang keras. Saya juga bingung kenapa ganda masih oke. Menurut saya, Indonesia punya banyak bakat hebat. Tetapi, kenapa mereka mentok saat beranjak ke senior? Saran saya sebagai mantan pemain ya harus berlatih lebih keras.," tambahnya.

Rudy Hartono merupakan pemain legendaris Indonesia yang sukses memenangi berbagai gelar, yang paling fenomenal tentu delapan gelar All England. Prestasi yang tidak kalah mentereng juga diukirkan  Liem Swie King dengan tiga kali menjuarai All England dan lima medali Kejuaraan Dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilham Habibie Kembangkan Pesawat R80, Kapan Mulai Produksi?

Posted: 13 Dec 2017 09:25 PM PST

Pemerintah menyatakan produksi secara komersil pesawat R80 belum akan dimulai di tahun depan. Pesawat yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) besutan Ilham Habibie.

‎Deputi VI Bidang Percepatan Infrastruktur Dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan, proses pengembangan pesawat yang diklaim akan lebih canggih dari ATR ini masih membutuhkan banyak persiapan.

"Kalau itu saya pikir memang enggak mungkin ya dalam 2018 dia sudah membangun. Karena proses membangunnya harus ada sertifikat yang dicari, yang didapatkan," ujar dia dalam Seminar Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah dalam Kajian Kebijakan 2017 di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Dia menuturkan, saat ini PT RAI tengah mengumpulkan dana untuk membangun purwa rupa (prototype) dari pesawat tersebut. Setelah dibuat prototipe, pesawat tersebut harus melakukan uji terbang dan mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Tapi saya sudah dengat saat ini mereka sudah mencari dana untuk progress bikin prototype. Kalau sudah ada itu baru bisa diuji terbang dan dapat sertifikat. Baru produksi. Jadi kalau produksi 2018 memang tidak mungkin. Tapi dia sudah proses saat ini untuk cari dana bangun prototype dan mulai proses untuk uji laik terbang," jelas dia.

Wahyu menyatakan, meski masuk dalam PSN, namun pemerintah tidak akan memberikan penjaminan untuk pengembangan proyek pesawat R80. Namun yang akan diberikan pemerintah yaitu kemudahan proses perizinan dari proyek tersebut.‎

"Dari awal disebutkan pemerintah tidak memberikan dukungan atau jaminan. Tapi yang yang paling mungkin kita berikan adalah dalam hal perizinan kita akan bantu. Tapi kalau dana tidak ada, misal PMN (Penyertaan Modal Negara) itu tidak ada," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Miniatur Pesawat R80 (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya Pesawat R-80 ciptaan BJ Habibie diminati oleh maskapai dalam negeri meski belum diproduksi. Sebanyak 4 maskapai menyatakan minat (letter of interest) untuk membeli pesawat tersebut.

Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie menuturkan, 4 maskapai tersebut yakni NAM Air, Trigana Air, Kalstar, dan Aviastar.

"Kita sudah letter of interest dari 4 perusahaan sebanyak 155 unit," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu 11 Oktober 2017.

Adapun rinciannya, NAM Air 100 unit, Trigana 25 unit, Kalstar 20 unit, dan Aviastar 10 unit. Dia mengatakan, pesawat tersebut bakal dijual setelah pesawat berhasil dibangun, uji coba, hingga melakukan sertifikasi.

"Di atas tahun 2022," ungkap Ilham.

Dalam kesempatan itu juga Ilham menuturkan harga penjualan R-80 yang dipatok perusahaan sekitar US$ 25 juta "Kali US$ 25 juta per unit," ujar dia.

Sebagai tambahan, masyarakat bisa turut serta untuk mendukung pembangunan pesawat R-80. Pasalnya, PT Regio Aviasi Industri (RAI) menggagas penggalangan dana melalui Kitabisa.com.

Ilham mengatakan, penggalangan dana ini sejatinya bukan semata-mata untuk membangun pesawat. Namun, untuk mencari dukungan dari masyarakat.

"Buat kami crowdfunding lebih untuk menunjukan kepada siapapun bahwasanya rakyat mendukung. Namanya donasi, buka investasi," tutup dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies-Sandi Luncurkan OK Otrip, Pergi ke Mana Saja Rp 5 Ribu

Posted: 13 Dec 2017 09:24 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan meluncurkan program OK Otrip di Balai Kota hari ini. Dengan program ini, warga Jakarta dapat bepergian ke mana saja dengan membayar Rp 5.000 mulai 15 Januari 2017.

"Kita menerapkan sistem angkutan terintegrasi, mulai dari integrasi rute dan layanan, manajemen, hingga pembayaran," kata Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Warga dapat berpindah angkutan dari Transjakarta, Kopaja, hingga angkutan kota dengan menggunakan kartu OK Otrip. "Durasi maksimal tiga jam perjalanan," kata dia.

Anies mengaku bersyukur salah satu janji kampanyenya sudah dapat dilaksanakan. Rencananya akan dilakukan uji coba dari Januari-April dengan membayar Rp 3.500.

"Kita bersyukur dalam waktu dua bulan bisa kita luncurkan. Rencana kita uji coba tiga bulan (Januari-April). Tujuannya kami ingin meladeni warga dengan lebih murah dan lebih mudah," ucap Anies.

 

 

Bus Transjakarta melintas dengan lancar di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Selasa (14/6/2016). Untuk menjaga jalur Transjakarta tetap steril, Dishub DKI Jakarta mengerahkan puluhan petugas. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansyah mengatakan, uji coba dilakukan di empat wilayah kota, di antaranya kawasan Jelambar (Jakarta Barat), kawasan Duren Sawit (Jakarta Timur), kawasan Warakas (Jakarta Utara), kawasan Lebak Bulus (Jakarta Selatan).

Area tersebut dipilih selain karena merupakan kawasan padat penduduk yang belum terjangkau oleh layanan angkutan umum, juga karena rute yang melintasi banyak fasilitas umum, lebar jalan lingkungan lebih dari lima meter.

Alat untuk menempelkan kartu OK Otrip (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

Sedangkan kartu Ok Otrip berbeda dengan kartu Transjakarta yang sudah ada. Kartu itu menggunakan sistem one man one ticket, yakni satu tiket hanya diperuntukkan bagi satu orang atau tidak dapat digunakan secara bergantian dengan orang lain.

"Sistem one man one ticket ini akan diimplementasikan di seluruh halte Transjakarta mulai 22 Desember 2017," Anies menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mampukah Wakil Malaysia Lolos di Top 6 D'Academy Asia 3

Posted: 13 Dec 2017 09:20 PM PST

Konser Top 6 Dangdut Academy Asia 3 (D'Academy Asia 3) akhirnya dimulai. Rabu (13/12/2017) malam, Grup 1 tampil pertama. Di grup ini, Fildan dan Putri yang merupakan juara 1 dan 2 di Dangdut Academy 4 harus menghadapi jagoan Malaysia, One Forteen.

Ketiga akademia ini seperti di babak sebelumnya, harus menyanyikan dua lagu. Dua lagu tersebut terdiri dari satu lagu balada dan lagu lainnya adalah lagu nge-beat. Namun khusus untuk Top 6, lagu pertama yang harus dibawakan adalah lagu dari ciptaan Rhoma Irama.

Fildan yang tampil pertama pun menyanyikan lagu sang Raja Dangdut yang berjudul "Buta Tuli". Fildan lagi-lagi tampil spektakuler. Terbukti dengan raihan enam standing ovation yang diberikan para komentator. Fildan juga tampil menawan di lagu kedua, "Senyum dan Hatimu". Di penjurian, Fildan akhirnya meraih nilai tertinggi sementara. Total nilai Fildan mencapai 559 poin.

 

Sumber: Instagram/ oneforteen

Raihan nilai Fildan ini berselisih 7 poin dari yang didapat rekan senegaranya. Semalam, Putri yang menyanyikan lagu Rhoma berjudul "Derita" di babak pertama, mendapat empat standing ovation. Soimah dan Masidayu jadi dua komentator yang menyebut penampilan Putri masih punya beberapa koreksi. Putri lantas membalasnya dengan aksi memukaunya di babak kedua, lewat lagu "Bisik-Bisik Tetangga".

Dan seperti sudah diprediksi, masuknya One Forteen di Top 6 maupun di Grup 1 sepertinya tak akan bertahan lama. Meski dinilai berkembang, namun progres yang dihadirkan One Forteen masih kalah jauh dari pesaingnya. Penampilan pria berwajah ganteng ini di lagu pertama Rhoma berjudul "Air Mata Darah" dan "Wulan" di lagu kedua, tak membuat para komentator puas. Perolehan nilai One Forteen pun serupa dengan penilaian. Ia hanya meraup total nilai sebesar 542 poin.

Jarak 10 poin dengan Putri memang terhitung cukup lebar. Namun One Forteen punya pengalaman bagus di posisi tersebut sebelumnya. Ia pernah mengalahkan wakil tuan rumah lainnya yaitu Tia, meski sempat tertinggal 7 poin saat di babak 15 besar lalu. Mungkinkah One Forteen akan mengulang momen sama di Konser Result D'Academy Asia 3 nanti? Simak aksinya malam ini melawan Fildan dan Putri mulai pukul 19.00 WIB, hanya di Indosiar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Arsenal Tertarik Melatih di Liga Italia

Posted: 13 Dec 2017 09:20 PM PST

Legenda Arsenal, Patrick Vieira, ternyata tertarik melatih di Liga Italia. Vieira terkesan dengan gairah sepak bola di Negeri Piza.

"Saya ingin melatih di Italia karena negara ini punya gairah sepak bola. Bencana bagi Italia karena tak lolos ke Piala Dunia 2018," ujar Vieira seperti dilansir Football Italia.

Vieira saat ini melatih di Liga Sepak bola Amerika Serikat (MLS) di klub New York City. Sejauh ini, kinerjanya cukup baik dengan membawa New York City bercokol di peringkat kedua Wilayah Timur.

Bagi Vieira, sepak bola Italia bukan hal asing. Pasalnya, ia pernah bermain bagi AC Milan, Inter Milan, dan Juventus.

Tak hanya membicarakan prospek melatih, Vieira juga buka suara soal bursa juara Liga pada musim ini. Menurutnya, ada tiga klub yang berpeluang besar juara, yaitu Inter Milan, Napoli, dan Juventus.

"Napoli memainkan sepak bola yang bagus, tapi sesuatu hilang dari mereka jika pemain kunci tak bermain. Juventus punya pengalaman untuk menang dan itu membuat mereka berbeda. Sementara, Inter bisa kehilangan satu atau dua pemain dan tetap berada di level yang sama," kata Vieira.

"Saya pikir, satu dari tiga klub ini bisa memenangi scudetto," kata Vieira.

Penunjukan Gennaro Gattuso sebagai pelatih AC Milan dan kinerja Simone Inzaghi di Lazio tak luput dari pengamatan Vieira. Ia memuji kiprah keduanya di tim masing-masing.

"Saya suka melihat Gattuso sebagai pelatih AC Milan dan Inzaghi di Lazio. Generasi mereka membawa antusiasme dan ide yang segar," kata Vieira.

Vieira adalah salah satu pemain yang berjasa bagi Arsenal. Berkat kontribusinya, Arsenal antara lain bisa meraih gelar juara Liga Inggris di musim 2003/04 tanpa pernah kalah satu kali pun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Modus SPBU Nakal Utak-atik Angka Takaran

Posted: 13 Dec 2017 09:12 PM PST

Masyarakat kerap mendapatkan kabar mengejutkan prihal Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Pertamina. Kali ini kabar cukup menghebohkan tentang kecurangan SPBU saat mengisi bahan bakar minyak.

Kabar ini tersebar melalaui pesan berantai di grup chat smartphone, di mana seorang pria yang mengaku bernama Renan Maulana menceritakan pengalamannya dicurangi oknum SPBU di Jakarta dan Yogyakarta.

Dia mengaku, argo yang tercantum di layar dispenser SPBU akan tiba-tiba loncat ke harga yang diinginkan pembelian. Hal itu terjadi jika konsumen membeli dengan harga umum, seperti Rp 10 ribu, Rp 15 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu.

Sebaliknya, meski harga telah menunjukan angka pembelian. Namun saat dimintai struk, ternyata angka tersebut tidaklah seperti yang dipesan.

"Saat argo mendekati angka 80 ribu tiba-tiba tuh angkanya loncat langsung ke angka 100 ribu. Kakak saya ga nyadar tentang kejadian itu tapi sepontan saya langsung protes keras. Terus saya minta struknya, setelah keluar struk baru tuh kelihatan di struk tertulis Rp 80.075. Lalu petugasnya ngembaliin duit 20 ribu sambil bilangg ini sambil mukanya gugup," tulisnya.

 

Pengisian BBM di SPBU Makassar

Menanggapi kabar tersebut, Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito ikut angkat bicara. Kata dia, kabar yang tersebar dipesan berantai atau media sosial tersebut adalah hoax.

"Karena tidak ada tanggal, tidak ada tempat. Karena SPBU itu ada nomornya, kalau memang ada keluhan itu langsung laporkan saja, karena akan langsung ditindaklanjuti," ucap Adiatma saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (14/12/2017).

Dia juga menyatakan, cerita keluhan konsumen yang mengaku seolah-olah telah dirugikan SPBU nakal memang kerap dilayangkan kepada Pertamina. Namun hal itu tidak terbukti.

Adiatma juga menyatakan, untuk menentukan takaran volume bahan bakar dan harga pada dispenser SPBU, dilakukan beberapa bulan sekali, dengan pengawasan ketat, baik internal Pertamina maupun independen.

Jika memang masyarakat mendapatkan keluhan terdahap SPBU, maka Pertamina menyediakan layanan Contact Center selama 24 jam di nomor 1-500-000.

Pemotor mengisi BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Kamis (15/6). Mulai tanggal 18 Juni-24 Juli, harga Pertamax menjadi Rp.8000 8000 yang berlaku di SPBU bertanda khusus yang tersebar di jalur mudik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

MODUS KECURANGAN SPBU

Izinkan saya (Renan Maulana) numpang berbagi pengalaman di sini tentang kecurangan para oknum petugas di SPBU.

Harapan saya dengan adanya tulisanini, tidak ada lagi yg tertipu atau dicurangi ketika mengisi bensin di SPBU dengan label "pasti pas"

Kejadiannya sekitar seminggu lalusaya bawa mobil saudara ke Jakarta. Saya isi bahan bakar di salah satu SPBU, sengaja saya tidak sebutkan nama dan lokasi SPBU tersebut takutnya nanti dikirapencemaran nama baik.

Kebetulan saat itu yg bawa mobilkakak saya jadi saya duduk di kursi belakang. Kakak saya langsung nyodorin uang100rb ke petugasnya.

 saya ga turun dari mobil, tapi saya perhatikan argo di mesin pengisiannya.

Saat argo mendekati angka 80rbtiba-tiba tuh angkanya loncat langsung ke angka 100rb. Kakak saya ga nyadartentang kejadian itu tapi sepontan saya langsung protes keras.

"Pak itu kok argonya langsungloncat dari 80rb ke angka 100rb?"

Si petugasnya langsung bilang,"bener kok udah 100rb"

Terus saya minta struknya, setelahkeluar struk baru tuh keliatan di struk tertulis Rp.80.075. Lalu petugasnyangembaliin duit 20rb sambil bilang gini sambil mukanya gugup, "wah maafpak mungkin mesinnya sedang rusak"

Selang dua hari saya ke Jogja bawamotor matic isi bensin di salah satu SPBU di Jogja. Saya tidak publikasikannama SPBU dan lokasinya. Saya isi bensin 10rb, setelah saya perhatiin argonya,eh terulang lagi kejadian di SPBU jakarta kmaren dari angka 8rb langsung loncatke 10rb.

kali ini saya diem dan nggak proteskarna saya pikir cuman duit 2rb ini lagian di belakang yg antri banyak bgt,karena kebetulan jam pulang kerja.

Saya mikir "jangan2 banyakpetugas SPBU yg melakukan perbuatan "nakal ini.."  Akhirnya rasa penasaran saya terjawab saatlagi makan di angkringan dekat SPBU tempat saya ngisi bensin motor saya dimanasaat itu ada petugas SPBU yg kebetulan juga makan di angkringan itu ngobroldengan pedagang angkringannya.

Mereka ngobrolin tentang side jobitu. Mereka ngobrol pake bahasa daerah yg intinya begini:

1. Argo di SPBU emang bisadi-design/diakali untuk langsung loncat ke angka tertentu.

2. Carannya dengan loncatnya angka diargo dengan catatan kalo buyer nya isi bensin dengan nominal yg umum semacam10rb,15rb,20rb,50rb100rb dsb

3. Yang ngisi bensin cuek ga liatargonya.

4. Kalo buyernya beli diangka ygnominalnya enggak umum, nggak bisa diakali semisal 13rb,21rb,106rb.

Jadi setelah itu saya menyimpulkankalo mau isi bensin saya mending isi diangka yg ga pas semacam 11rb,19rb dsb

Mungkin kita memang susah ngilanginbudaya korupsi di negara ini. Tapi seenggaknya kita bisa meminimalisir tindakankorupsi dan tidak berbuat korupsi. Saya cuman nyaranin buat para pengguna mediasosial yg memperhatikan saran sbb:

1. Kalo isi bensin pantengin tuhargo.

2. kalo bisa isi di nominal yg gabiasa seperti 11rb,23rb dll.

3. kalo petugasnya maenin handlesuruh lepas tuh handle nya

Semoga sedikit tulisan saya inibermanfaat untuk banyak orang.

Hanya jika berkenan, tolong bantudishare cerita pengalaman ini biar banyak yg baca. Biar ngga ada lagi rupiahhasil keringat yang dicurangin. Kasihan mereka yang penghasilannya tak seberapatapi ditipu oleh oknum tidak bertanggungjawab.. semoga bermanfaat.. danwaspadalah !!!

Pesan Moral nya adalah :

Jika ingin mengisi Bensin pilihlahangka yang Ganjil, spt : Rp 101 rb,  Rp51 rb, Rp 72 rb, bebas2 aja, dll. Karena angka yg ganjil diatas tdk bs direkayasamesin nya

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PPN: Masyarakat Harus Tahu Dana Desa Dipakai untuk Apa

Posted: 13 Dec 2017 09:10 PM PST

Pemerintah menganggarkan dana desa hampir mencapai Rp 60 triliun pada 2018. Dengan anggaran sebesar itu, nantinya masing-masing desa akan memperoleh alokasi mulai dari Rp 1-2 miliar.

Terkait perolehan dana desa tersebut, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meminta pemerintah daerah untuk lebih transparan kepada masyarakat dan pemerintah pusat.

Sistem pemerintahan yang terbuka dan transparan dinilai menjadi komitmen yang harus diwujudkan mengingat Indonesia menjadi anggota Open Government Partnership (OGP) di Asia Pasifik.

"Jadi kita harapkan pemerintah tdidak hanya berhenti pada daerah yang dijangkau, tapi juga bisa menularkan semangat open government ke pemerintah desa. Jadi harus lebih terbuka," kata Bambang di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Dengan adanya pemerintah desa yang lebih terbuka ini, diharapkan penggunaan dana desa akan terkontrol, sehingga tepat sasaran dalam rangka membangun ekonomi di desa.

Tidak hanya terbuka dalam hal penggunaan anggaran, Bambang juga meminta pemerintah daerah untuk terbuka terhadap masyarakatnya. Dengan begini, pemangku kebijakan bisa memahami apa yang diperlukan masyarakat.

"Masyarakat juga harus begitu, harus tahu, dana desa itu dapat bantuan berapa, harus aktif bertanya apa manfaat dari dana desa itu. Kalau ini dijalankan, bisa jadi cikal bakal yang baik untuk open government," dia menegaskan.

Pemerintah batal mengalokasikan dana desa sebesar Rp 1,4 miliar per desa pada tahun depan. Alokasi sebesar Rp 1,4 miliar baru akan direalisasikan pada 2019.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Boediarso Teguh Widodo mengatakan, memang sebelumnya pemerintah telah mencanangkan untuk meningkatkan alokasi dana desa sebesar menjadi Rp 120 triliun atau Rp 1,4 miliar per desa di 2018.

"Mestinya 2018 itu kan Presiden pernah janji mau dinaikkan dua kali lipat dari Rp 60 triliun menjadi Rp 120 triliun," ujar dia di Jeep Station Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/12/2017).

Namun demikian, dalam penyaluran dana ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus melakukan evaluasi terhadap realisasi dan manfaat dari penyaluran dana desa.

Sebab, menurut Boediarso, tujuan dari adanya alokasi dana desa adalah untuk mengentaskan kemiskinan, menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat, serta mengatasi ketimpangan layanan publik antardesa.

Namun, dari evaluasi yang dilakukan dalam tiga tahun terakhir, ternyata dana desa ini belum optimal dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut.

"Memang kalau dilihat, sebelum kami menaikkan alokasi dana desa, kami lihat dulu realisasinya. Dari keempat itu, kemudian ternyata memang dana desa pelaksanaan tiga tahun itu berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin, persentase penduduk miskin dan gini rasio di perdesaan. Itu harus diakui. Cuma peningkatannya tidak masif. Artinya multiplier efeknya belum maksimal. Jadi ada something wrong yang perlu diperbaiki di dana desa itu," kata dia.

Boediarso menyatakan, dirinya justru khawatir dengan besar dana desa yang melompat tajam hingga Rp 1,4 miliar justru akan menimbulkan banyak masalah di daerah, terutama terkait penyalahgunaan dananya.

"Kalau kita tidak mempersiapkan capacity building kemampuan aparat mengelola keuangan desa, dikhawatirkan kenaikan dana desa dalam jumlah besar justru malah menjadi pemborosan atau inefisiensi dan salah sasaran. Itu yang harus kami kejar. Kan di banyak media massa banyak diberitakan adanya OTT (operasi tangkap tangan)," jelas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang 15 Kali Beruntun, Manchester City Pecahkan Rekor Arsenal

Posted: 13 Dec 2017 09:10 PM PST

Manchester City mencatatkan kemenangan besar di Liberty Stadium, Rabu (13/12/2017) atau Kamis dini hari WIB dalam lanjutan Liga Inggris. The Citizen, sebutan Manchester City, menang 4-0 atas Swansea City.

Empat gol kemenangan The Citizen dicetak David Silva (dua gol), Kevin De Bruyne, dan Sergio Aguero. Itu kemenangan ke-15 beruntun Manchester City di Liga Inggris.

Hasil ini tentu mematahkan rekor Arsenal yang mencatatkan 14 kemenangan beruntun di Liga Inggris. Ketika itu, Meriam London, sebutan Arsenal, mengukirnya pada Februari hingga Agustus 2002.

"Menang 15 pertandingan beruntun membuat kami mendapat banyak kepercayaan diri. Jika orang senang melihatnya, itu merupakan hadiah terbaik kami," kata manajer Manchester City, Pep Guardiola, dikutip dari Sports Mole.

Kemenangan atas Swansea City membuat Manchester City kian kokoh di puncak klasemen Liga Inggris dengan 49 poin, unggul 11 angka dari pesaing terdekat mereka, Manchester United. 

Sepanjang musim ini, Manchester City hanya kehilangan dua poin. Hasil imbang melawan Everton menjadi satu-satunya noda The Citizen di Liga Inggris.

Namun demikian, Guardiola mengingatkan anak asuhnya untuk tidak berpuas hati. Manajer asal Spanyol itu ingin Sergio Aguero dan kawan-kawan bersyukur atas hasil positif yang diraih.

"Ketidakpuasan akan terjadi karena saya selalu menuntuk pemain kami meraih kemenangan. Namun, kami bisa saja kalah. Kami bisa kehilangan poin bila tidak berpuas diri, sesuatu yang tidak kami miliki di masa lalu," ujar Guardiola.

Pada akhir pekan ini, Manchester City dihadapkan dengan laga berat melawan Tottenham Hotspur di Etihad Stadium.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nabila Syakieb Setuju Jadikan Citra Kirana Adik Ipar

Posted: 13 Dec 2017 09:10 PM PST

Citra Kirana dan Ali Syakieb dikabarkan kembali merajut asmara setelah sebelumnya sempat putus. Kabar tersebut mencuat setelah Citra Kirana dan Ali Syakieb sering terlihat bersama.

Sebagai kakak, Nabila Syakieb angkat suara mengenai jalinan cinta adiknya dengan Citra Kirana.

"Aku apa pun itu pilihannya Ali, apa pun itu bentuk hubungannya aku selalu support yang terbaik buat mereka," ujar Nabila Syakieb ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2017).

 

Foto profil Nabila Syakieb (Deki Prayoga/bintang.com)

Meski begitu, Nabila Syakieb tak mau banyak bicara soal hubungan cinta adiknya. Ia malah menyuruh menanyakan langsung kepada Ali, perihal status hubungannya dengan Citra Kirana

"Wah itu tanyakan langsung ke orangnya," ujar Nabila Syakieb.

Buat Nabila, yang terpenting adiknya bahagia. Dengan siapa pun nantinya, ia akan mendoakan yang terbaik buat urusan asmara Ali Syakieb.

"Pokoknya yang terbaik-lah buat dia (Ali)," kata Nabila.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Obat Sakit Kepala di Apotek, Kakek Renta Malah Dihipnotis

Posted: 13 Dec 2017 09:06 PM PST

La Ode Musadju (72) tak pernah menyangka jika perjalanannya ke apotek untuk mencari obat malah membawa petaka, pada Rabu, 13 Desember 2017. Pria yang sudah beruban itu menjadi korban hipnotis.

Mulanya, Musadju pergi ke apotek Kimia Farma di Jalan Abdullah Silondae, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, untuk mencari obat sakit kepala. Tidak diantar salah anggota keluarganya, pria tua itu hanya menumpang mobil angkutan kota (angkot) dari rumahnya. Setiba di apotek yang dimaksud, ternyata La Ode Musadju datang terlalu cepat.

Saat itu, apotek belum buka. Jalanan di sekitar pun masih sepi. Baru saja membalikkan badan hendak pulang, La Ode Masudju dicegat seorang wanita muda.

"Sepertinya kamu butuh pertolongan Pak," ujar perempuan itu sambil memperhatikan La Ode Musadju.

Tidak sempat menjawab banyak, perempuan tersebut langsung meraih tangan La Ode Musadju. Setelah itu, bagai seorang ahli pengobatan, wanita yang diperkirakan berumur 30 tahun lebih itu menatap tajam ke arah telapak tangan.

"Sepertinya banyak penyakitmu ini Pak, mau saya obati ya?" ujar wanita itu.

Tanpa menunggu lama, La Ode Musadju langsung mendapat layanan pijat gratis. Selama 10 menit, ia seperti larut dalam pijatan si ibu misterius.

"Setelah itu, dia pamit pergi. Tapi, saya baru sadar setelah dia pergi, cincin saya sudah tidak ada di jari. Saya dihipnotis," ujar La Ode Musadju bingung di depan polisi.

Di depan polisi, cincin emas milik La Ode Musadju diakuinya seberat 10 gram yang dibeli dari hasil kerja kerasnya selama ini. Dari kejadian ini, pelapor merugi Rp 5 juta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Polisi perketat pengamanan jelang Natal dan tahun baru. Foto: (Ahmad Akbar Fua/Liputan6.com)

Setelah mendapat laporan, Kapolsek Mandonga AKP Haris Akhmad Basuki, langsung mengirim anggota untuk mengejar orang yang diduga pelaku. Tetapi hingga Rabu malam, pelaku belum bisa diungkap.

Tak ingin berspekulasi, Kapolsek Mandonga menyatakan pihaknya masih memeriksa pelapor. Sebab, pelapor sudah berusia lanjut.

"Sudah berusia lanjut pelapornya, masih dipastikan anggota apakah memang benar dihipnotis atau tidak," ujar Achmad Haris Basuki.

Pihaknya juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar waspada. Sebab, mendekati Natal dan tahun baru, ada saja tindak kejahatan yang tidak diinginkan menimpa masyarakat.

"Hati-hatilah masyarakat, kami berupaya maksimal untuk mengawal pelaksanaan tahun baru dan Natal ini," ujar Kapolsek.

Pihaknya juga menyatakan sudah menempatkan personel di sejumlah bank. Masyarakat yang ingin dikawal juga bisa menghubungi polisi.

"Kalau ada warga yang mau transaksi dan merasa tidak aman, silakan hubungi polisi agar dikawal," ujar Kapolsek.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: 47 Koleksi Keseimbangan ala Desainer Rinaldy Yunardi

Posted: 13 Dec 2017 09:02 PM PST

Model memperagakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Ada 47 mahakarya yang disuguhkan dalam kolaborasi bersama Absolut Elyx tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model memperagakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Ada 47 mahakarya yang disuguhkan dalam kolaborasi bersama Absolut Elyx tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model berjalan di catwalk mengenakan headpiece dan kostum karya Rinaldy A. Yunardi pada peragaan bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Unsur alam seperti air, api, angin, tanah, dan besi dituangkan dalam koleksinya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model berjalan di catwalk mengenakan headpiece dan kostum karya Rinaldy A. Yunardi pada peragaan bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Unsur alam seperti air, api, angin, tanah, dan besi dituangkan dalam koleksinya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model memperagakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Ada 47 mahakarya yang disuguhkan dalam kolaborasi bersama Absolut Elyx tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model memperagakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Ada 47 mahakarya yang disuguhkan dalam kolaborasi bersama Absolut Elyx tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model berjalan di catwalk mengenakan headpiece dan kostum karya Rinaldy A. Yunardi pada peragaan bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Unsur alam seperti air, api, angin, tanah, dan besi dituangkan dalam koleksinya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model berjalan di catwalk mengenakan headpiece dan kostum karya Rinaldy A. Yunardi pada peragaan bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Unsur alam seperti air, api, angin, tanah, dan besi dituangkan dalam koleksinya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model membawakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Dalam pembuatan koleksinya, Rinaldy memanfaatkan bahan seperti jerami hingga plastik daur ulang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model membawakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Dalam pembuatan koleksinya, Rinaldy memanfaatkan bahan seperti jerami hingga plastik daur ulang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model memperagakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Ada 47 mahakarya yang disuguhkan dalam kolaborasi bersama Absolut Elyx tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model memperagakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Ada 47 mahakarya yang disuguhkan dalam kolaborasi bersama Absolut Elyx tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model berjalan di catwalk mengenakan headpiece dan kostum karya Rinaldy A. Yunardi pada peragaan bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Unsur alam seperti air, api, angin, tanah, dan besi dituangkan dalam koleksinya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model berjalan di catwalk mengenakan headpiece dan kostum karya Rinaldy A. Yunardi pada peragaan bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Unsur alam seperti air, api, angin, tanah, dan besi dituangkan dalam koleksinya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model membawakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Dalam pembuatan koleksinya, Rinaldy memanfaatkan bahan seperti jerami hingga plastik daur ulang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model membawakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Dalam pembuatan koleksinya, Rinaldy memanfaatkan bahan seperti jerami hingga plastik daur ulang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model memperagakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Ada 47 mahakarya yang disuguhkan dalam kolaborasi bersama Absolut Elyx tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Model memperagakan headpiece dan kostum rancangan Rinaldy A. Yunardi pada peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' di Jakarta, Rabu (13/12). Ada 47 mahakarya yang disuguhkan dalam kolaborasi bersama Absolut Elyx tersebut. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Jamin MU Tanpa Kekalahan di 8 Laga Selanjutnya

Posted: 13 Dec 2017 09:00 PM PST

Setelah menelan kekalahan 1-2 dari Manchester City, Manchester United (MU) kembali ke jalur kemenangan. Setan Merah, sebutan MU, menang 1-0 atas Bournemouth dalam lanjutan Liga Inggris.

Pada laga yang berlangsung di Old Trafford, Rabu (13/12/2017) atau Kamis dini hari WIB, gol tunggal kemenangan MU dicetak oleh Romelu Lukaku pada menit ke-25.

Kemenangan tersebut membuat manajer MU, Jose Mourinho yakin timnya bakal menjalani delapan laga tanpa kekalahan, meski dua pemain bertahan mereka, Marcos Rojo dan Eric Bailly dibekap cedera.

"Di pertandingan tadi, kami bermain dengan Chris Smalling dan Phil Jones. Kami memiliki Victor Lindelof dan Daily Blind di bangku cadangan," kata Mourinho dikutip dari situs resmi klub.

"Hari ini, Smalling bermain bagus. Itu membuat saya yakin kami akan baik-baik saja dalam tujuh atau delapan pertandingan ke depan. MU akan baik-baik saja (tanpa kekalahan)," ujarnya menambahkan. 

Mourinho juga berbicara mengenai cedera pangkal paha yang dialami Bailly. Dia tidak tahu kapan bek asal Timnas Pantai Gading itu bakal pulih 100 persen.

"Saya pikir, ini serius. Saya tidak tahu dia pulihnya kapan. Cedera ini terjadi sejak dia terakhir kali membela negaranya," ujar manajer MU asal Portugal tersebut.

"Kami mencoba melakukan perawatan konservatif. Jika ini tidak berhasil, dia akan masuk ke ruang operasi. Saya bukan dokter, jadi kita harus menunggu saja," ucap Mourinho.

Meski menang atas Bournemouth, MU masih tertinggal 11 angka dari Manchester City yang berada di puncak klasemen Liga Inggris dengan 49 poin.

Di saat bersamaan, Manchester City meraih kemenangan telak 4-0 atas Swansea City di Liberty Stadium. Empat gol kemenangan The Citizen dicetak oleh David Silva (dua gol), Kevin De Bruyne, dan Sergio Aguero.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aparat Myanmar Tangkap 2 Jurnalis yang Meliput Krisis Rohingya

Posted: 13 Dec 2017 09:00 PM PST

Otoritas Myanmar menangkap dua jurnalis Reuters, media internasional yang bermarkas di London. Sejumlah pihak menyampaikan keprihatinan atas peristiwa itu, termasuk dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yangon.

Dua jurnalis Reuters tersebut diidentifikasi sebagai Wa Lone dan Kyaw Soe Oo. Mereka ditangkap pada 12 Desember 2017 setelah diundang untuk bertemu dengan petugas kepolisian.

"Agar proses demokrasi berhasil, wartawan harus bisa melakukan pekerjaannya dengan bebas. Kami mendesak pemerintah untuk menjelaskan penangkapan ini dan mengizinkan akses langsung ke jurnalis," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Kedubes AS seperti dikutip dari CNN, Kamis (14/12/2017).

Pimpinan Reuters dan dan Pemimpin Redaksi Stephen Adlet, meminta pembebasan dua jurnalis itu dengan segera. Adlet mengatakan, mereka ditahan saat melaksanakan tugas jurnalistik, yang melaporkan kejadian-kejadian penting di Myanmar untuk masyarakat global.

"Kami sangat marah dengan serangan yang dilakukan secara terang-terangan terhadap kebebasan pers," kata Alder dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Informasi Myanmar dalam sebuah pernyataan yang ditulis di Facebook mengatakan, dua jurnalis dan dua polisi menghadapi tuduhan di bawah Official Secrets Act.

Undang-Undang kerahasiaan yang dikeluarkan tahun 1923 itu dapat membuat seseorang menerima hukuman penjara maksimal 14 tahun.

"Para wartawan memperoleh informasi tidak sah dengan maksud untuk membaginya dengan media asing," demikian pernyataan kementerian tersebut yang turut memasang foto kedua jurnalis itu sedang diborgol.

Pernyataan tersebut mengatakan, kedua jurnalis tersebut ditahan di sebuah kantor polisi di pinggiran Yangon, Myanmar.

Wa Lone telah bekerja untuk Reuters sejak 2016 dan telah meliput berbagai peristiwa, termasuk krisis Rohingya di negara bagian Rakhine. Sementara itu, Kyaw Soe Oo bergabung dengan media itu pada September 2017.

Reuters mengatakan, dua jurnalis tersebut sedang melaporkan tindakan keras yang dilakukan militer terhadap minoritas Rohingya.

Gedung Parlemen Myanmar (Ye Aung Thu/AFP)

Penahanan jurnalis juga pernah terjadi di Myanmar sebelumnya. Pada Oktober lalu, Kepolisian Myanmar mendakwa dua wartawan asing dan dua warga lokal setelah mereka menerbangkan drone di atas gedung parlemen.

Dua wartawan asing tersebut akan ditahan sampai persidangan pertama mereka. Keduanya didakwa melanggar undang-undang ekspor dan impor. Tudingan terkait hal tersebut dapat dihukum hingga tiga tahun penjara atau denda.

"Kami telah membuka kasus terhadap empat orang -- dua di antaranya orang asing dan dua lainnya warga Myanmar. Mereka akan ditahan sampai 10 November," terang pejabat kepolisian Myanmar, kolonel Kyaw Moe, seperti dimuat The Guardian.

Dua wartawan asing yang ditahan pada hari Jumat di Naypyidaw tersebut adalah Lau Hon Meng dari Singapura dan Mok Choy Lin dari Malaysia. Mereka bekerja di media Turki, Turkish Radio and Television Corporation.

Adapun warga Myanmar yang ditahan terdiri dari seorang sopir bernama Hla Tin dan penerjemah lokal sekaligus wartawan, Aung Naing Soe.

Insiden penangkapan tersebut terjadi di tengah ketegangan hubungan Myanmar dan Turki. Istanbul selama ini mengecam keras perlakuan Naypyidaw terhadap etnis minoritas Rohingya. Presiden Recep Tayyip Erdogan menuding Myanmar melakukan teror dan genosida terhadap warga muslim tersebut.

Lebih dari 600 ribu warga Rohingya telah meninggalkan Rakhine sejak akhir Agustus lalu. Banyak di antara mereka yang mengakui bahwa desa-desa tempat tinggal mereka dibakar oleh militer Myanmar dan sejumlah orang dari kelompok garis keras Buddha.

Sementara itu, sejumlah wartawan telah ditangkap pada tahun ini di Myanmar. Hal tersebut memicu kekhawatiran akan erosi kebebasan pers di negeri pimpinan Aung San Suu Kyi tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Ini Fakta Jubah Tak Terlihat yang Viral di Internet

Posted: 13 Dec 2017 09:00 PM PST

Kamu penggemar novel dan film Harry Potter? Jika iya, pasti tahu jubah tak terlihat alias invisibly cloak milik Harry Potter yang diwariskan dari sang ayah.

Jubah tersebut membuat pemakainya jadi tidak terlihat oleh orang lain. Baru-baru ini, media sosial Tiongkok dihebohkan dengan video yang memperlihatkan jubah tak terlihat.

Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/12/2017), pengguna medsos sangat takjub dengan produk yang kabarnya merupakan buatan Tiongkok itu.

Mulanya video berisi pria mengenakan jubah tak terlihat itu diunggah di Weibo oleh Wakil Kepala Departemen Investigasi Kriminal di Kementerian Keamanan Publik Tingkok Chen Shiqu. Video viral itu telah disaksikan hingga 21,4 juta kali per 9 Desember 2017.

Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

Dalam video yang dibagikan itu, tampak seorang pria mengenakan jubah tak terlihat kemudian menghilang di depan kamera dan hanya terlihat bagian wajahnya yang tidak ditutupi jubah.

Saat membagikan video tersebut, bahkan Chen mengatakan, jubah tak terlihat tersebut bisa sangat bermanfaat di dunia militer.

	Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

Dia juga menuliskan, "Ini adalah kain yang dibuat dengan teknologi kuantum dari bahan transparan yang dapat mencerminkan gelombang cahaya di sekitar, sehingga bisa membuat orang tersebut (seolah) menghilang."

 Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasifif)

Keberadaan jubah tak terlihat itu dibantah oleh seorang produser di perusahaan produksi konten Quantum Video Zhu Zhensong. Kepada media lokal Liberation Daily, Zhu menegaskan, jubah tak terlihat tak pernah ada.

Kepada reporter, Zhu mengatakan, video tersebut telah diedit dan aslinya jubah tak terlihat itu difilmkan dengan kain plastik biru atau hijau.

Video yang memperlihatkan jubah tak terlihat viral di internet (Sumber: DailyMail/ YouTube: OverlookingAsiaPasific)

"Software seperti Adobe After Effects, Nuke, atau Blackmagic Fusion dapat mengedit background dan menyatukannya dengan objek di sekitarnya. Efek ini sebelumnya juga dipakai dalam banyak film action," kata Zhu menjelaskan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bapak Jadi Sopir Taksi Online, Ini Kata Tarra Budiman

Posted: 13 Dec 2017 09:00 PM PST

Tarra Budiman tengah menikmati rumah tangga baru dengan Gya, sepupu Raffi Ahmad. Bahkan, keduanya baru pulang dari Jepang, dan sebelumnya ke Eropa.

Dan tiba-tiba, Tarra Budiman mendapat tautan dari seorang dokter bernama Falla Adinda di akun Twitternya. Di sana Falla bercerita tentang seorang bapak yang menjadi sopir taksi online.

Tarra Budiman bersama Pak Benny (Foto: Twitter)

"Naik yuber ke MNC, bapaknya nanya "mau shooting?", gua jawab "iya..", lalu si Bapak bilang "anak saya yang nomor 4 juga sering shooting di sana. Tara Budiman," cuitnya.

Mendapat cuitan seperti itu, Tarra Budiman pun menjawabnya di Twitter juga. Dan ia tak menampik kalau itu memang ayahnya.

"Itu Bapak saya, Pak Benny," jawab Tarra Budiman, Rabu (13/12/2017).

Salah satu pengguna Twitter pun ikutan ingin tahu. Dia pun mengirimkan foto kebersamaan Tarra Budiman dengan kedua orangtuanya.

"Bener yang ini teh bapaknya? *kepo hinga ke akar-akarnya," cuit akun @iput27.

 

 

Bapak Benny ini pun menceritakan keluarganya termasuk anaknya, Tarra Budiman kepada Falla. Dia mengatakan kalau Tarra merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara.

Tarra Budiman lahir di Bali, karena bisnis sang ayah berada di Bali dan Jakarta. Dan menjadi sopir taksi online bukan terbentur keadaan ekonomi.

(Instagram/tarrabudiman)

"Jadi supir yuber kalau lagi iseng aja. Rumah di Bintaro, kantor di Priok, perusahaan kargo. Gitu cerita si Bapak," lanjutnya.

Tarra Budiman pun mengakui kalau ayahnya memang suka mengendarai mobil. "Iyaa.. bapak saya suka sekali nyetir."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gigi Hadid Pamer Bulu Ketiak Saat Pemotretan

Posted: 13 Dec 2017 09:00 PM PST

Gigi Hadid dengan bangga memamerkan bulu ketiaknya saat melakukan sesi foto. Ia nampak percaya diri dan tidak malu memiliki bulu ketiak di tubuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalap, Tiap Hari Donald Trump Tenggak 12 Kaleng Minuman Bersoda

Posted: 13 Dec 2017 09:00 PM PST

Dalam fitur Donald Trump di New York Times baru-baru ini, disebutkan pemimpin Amerika Serikat ini gemar minuman bersoda. Dalam sehari, Trump bisa minum 12 kaleng minuman soda diet.

Ahli nutrisi asal Amerika Serikat Dariush Mozaffarian mengomentari kebiasaan konsumsi minuman bersoda berlebihan seperti yang Donald Trump lakukan. Dia mengkhawatirkan kebiasaan itu bisa berpengaruh terhadap kesehatan orang nomor satu Amerika Serikat itu.

"Efek kesehatan jangka panjang dari pemanis rendah kalori atau buatan belum diketahui dengan pasti. Kami sedang melakukan eksperimen tentang kesehatan masyarakat secara nasional di seluruh populasi," kata Mozzafarian seperti mengutip Time, Kamis (13/12/2017).

Walaupun begitu, lebih baik minum air mineral biasa dibandingkan dengan mengonsumsi minuman soda diet. Terlebih jumlah kafein yang terdapat dalam 12 porsi diet soda yang Donald Trump minum melebihi batasan medis pada orang dewasa.

Kebiasaan ini meningkatkan kegugupan, insomnia, migrain, detak jantung yang lebih cepat dan masih banyak lagi.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Minuman soda (Foto: CBS News)

Sebuah studi menyebutkan, mengonsumsi diet soda pernah dilakukan pada hewan. Hasilnya, terjadi perubahan fisiologis yang menyebabkan terjadinya penambahan berat badan.

Lalu, orang yang mengonsumsi diet soda memiliki kecenderungan terkena diabetes tipe 2. Studi di 2009 menunjukkan, orang yang minum diet soda 67 persen lebih berisiko terkena diabetes dua dibanding yang tidak.

Selain itu, orang yang mengalami diabetes tipe 2 memiliki risiko terkena penyakit lain. Seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, lemak berlebih. Hal itu memicu risiko terkena penyakit jantung dan stroke seperti mengutip Mayo Clinic.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Natal, Gwen Stefani Tampil Meriah

Posted: 13 Dec 2017 09:00 PM PST

Penyanyi cantik Gwen Stefani merilis album Natal terbarunya. Ia tampil sempurna sebagai bintang utama dalam acara tersebut. Gwen tampil bagaikan ratu pada perilisan albumnya yang disiarkan di TV tersebut. Penampilan Gwen pada malam itu membuat penonton mampu merasakan aura Natal dengan lagu-lagu Natal klasik yang dibawakannya.

Melansir Hollywoodlife pada Rabu (13/12/2017), Gwen membuka penampilan spesialnya dengan lagu Jingle Bell dengan mengenakan pakaian one shoulder jumpsuit berbahan sequin. Jumpsuit gwen memiliki motif seperti permen Natal berwarna merah dan putih. Tak ketinggalan, pita merah besar juga menghiasi bagian kepala Gwen Stefani. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

Gwen Stefani tampil memukau dalam beberapa balutan busana ketika meluncurkan album Natal terbarunya (Instagram/gwenstefani)

Di penampilan berikutnya, Gwen menyanyikan lagu "When I'm a Little Girl". Lagu ini membawa penonton kembali ke masa kecil Gwen dengan menghadirkan sosok anak perempuan berambut pirang. Gwen dan anak perempuan tersebut menggunakan baju kembar. Yakni dress bergaya victorian sederhana dengan motif kotak-kotak.

 

Gwen Stefani tampil memukau dalam beberapa balutan busana ketika meluncurkan album Natal terbarunya (Instagram/gwenstefani)

Penampilan Gwen semakin memukau ketika tampil bersama Ne-Yo dalam lagu Last Christmas. Di lagu tersebut, Gwen nampak seperti Putri Natal. Ia mengenakan gaun besar berwarna merah muda berbahan chiffon. Sementara Ne-Yo mengenakan setelan jas hitam klasik yang dipadukan dengan dasi berwarna merah.

Tetap cantik dalam suasana sendu Natal

Gwen Stefani tampil memukau dalam beberapa balutan busana ketika meluncurkan album Natal terbarunya (Instagram/gwenstefani)

Lagu "Christmas Eve" yang dibawakan Gwen begitu menenangkan. Membawa suasana malam natal yang panjang dan sendu. Ia tampil bersama paduan suara yang menambah aura kudusnya malam Natal. Di lagu tersebut, Gwen tampil memukau dengan gaun brokat merah tanpa tali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emak-Emak di Jepara Duel dengan Perampok, Siapa Menang?

Posted: 13 Dec 2017 08:58 PM PST

Seorang ibu, warga Jepara, Jawa Tengah terlibat duel melawan perampok yang akan menyatroni rumahnya dan melukai anak korban. Setelah berhasil dilumpuhkan, perampok itu menjadi bulan-bulanan warga hingga babak belur.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Kamis (14/12/2017), rumah di Desa Raguklampitan, Jepara, Jawa Tengah pada hari Rabu, 13 Desember 2017 jadi incaran perampok. Pelaku masuk mencongkel jendela dengan obeng, namun aksi pelaku kepergok anak pemilik rumah.

Hal itu membuat pelaku nekat berbuat kekerasan hingga melukai anak pemilik rumah yang berusia 33 tahun dengan obeng.

Tak tinggal diam, sang ibu pemilik rumah akhirnya duel melawan perampok. Setelah lebih satu jam berkelahi, sang ibu berhasil melumpuhkan perampok.

Warga yang mendengar keributan pun ramai-ramai menghakiminya. Anak korban dan pelaku perampokan dibawa ke RSUD Kartini karena terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Terbukti Pura-Pura Sakit, Ini Sanksi untuk Setya Novanto

Posted: 13 Dec 2017 08:57 PM PST

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto mengaku sakit dan tak menghiraukan hampir seluruh pertanyaan dari majelis hakim saat sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu 13 Desember. Setya Novanto lebih banyak diam dan bungkam saat proses sidang berjalan.

Ancaman hukuman yang berat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini menghantuinya. Mantan Ketua Umum Golkar itu dinilai tak kooperatif oleh pihak lembaga antirasuah.

"Jika ada pihak-pihak yang merekayasa kondisi, apalagi membantu seseorang menghindari atau bahkan menghambat proses hukum, tentu ada risiko pidananya," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (14/12/2017).

Setya Novanto bisa diancam dengan Pasal 21 tentang menghalangi atau merintangi proses hukum. Dalam hal ini Setya Novanto mempersulit proses peradilan kasus korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor.

Setya Novanto mengaku sakit padahal tiga dokter profesional dari RSCM yang disarankan oleh IDI telah memeriksa dirinya di pengadilan. Bahkan Setya Novanto menolak diperiksa oleh satu dokter dari RSPAD, padahal permintaan menghadirkan dokter RSPAD datang dari mantan Ketua DPR itu.

"KPK ucapkan terima kasih pada tim dokter ahli RSCM dan IDI. Pemberantasan korupsi memang butuh dukungan yang kuat dari berbagai pihak termasuk kalangan medis yang bekerja secara independen dan profesional," kata Febri.

Kejadian-kejadian yang diperlihatkan Setya Novanto, kata Febry, bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak yang terlibat dalam kasus untuk menghormati proses hukum yang ada. KPK pun berharap tak ada lagi kejadian-kejadian seperti yang dilakukan Setya Novanto.

"Apa yang terjadi sejak pertengahan November (penjemputan paksa Setnov di rumah) dan kemarin di sidang e-KTP kami harap ke depan jadi pembelajaran bagi semua pihak yang jadi tersangka, terdakwa atau bahkan saksi, agar tidak menggunakan alasan sakit yang dapat menghindari atau menunda proses hukum," terang Febri.

Terdakwa korupsi proyek E-KTP Setya Novanto memejamkan mata saat mengikuti sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (13/12). Sidang mendengarkan pembacaan dakwaan oleh JPU KPK setelah mengalami skors. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sidang sempat diskors sebanyak tiga kali, majelis hakim memutuskan untuk melanjutkan pembacaan dakwaan.

Keputusan itu diambil usai seluruh dokter memastikan kesehatan dan kesiapan Novanto untuk mendengarkan dakwaan. Meski begitu, mantan Ketua DPR RI itu masih terlihat lesu.

Di bangku pesakitan, Novanto sering kali tertunduk. Ia seolah tak berdaya bahkan tampak akan terjatuh dari bangku.

Melihat kondisi tersebut, berulang kali ketua majelis hakim bertanya kepada Novanto dan menawarkan minum. Sekurangnya, ada dua kali hakim ketua menyela pembacaan dakwaan untuk menawarkan Novanto minum.

"Sebentar berhenti dulu. Saudara mau minum? Mau istirahat dulu," tanya ketua majelis hakim saat menyela jaksa membacakan dakwaan.

"Tidak Yang Mulia," jawab Setnov dengan nada lirih.

"Kalau mau minum, silakan. Bagaimana masih bisa lanjut?" tanya hakim lagi.

"Lanjut," singkat Novanto.

 

Terdakwa korupsi proyek E-KTP Setya Novanto saat mengikuti persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (13/12). Setya Novanto dinyatakan sehat dan sidang pembacaan dakwaan oleh JPU KPK dilanjutkan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sambil menyilangkan kaki dan terus menundukkan kepala, gerak-gerik Novanto terus menyedot perhatian mata para pengunjung dan awak media di dalam ruang sidang. Malah beberapa pengunjung sesekali berdiri untuk memastikan Novanto tidak terjatuh dari kursi pesakitan.

Sementara sang istri Deisti Astriani Tagor masih setia menemani Novanto dari bangku pengunjung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Kemenhub Hadapi Puncak Mudik Natal

Posted: 13 Dec 2017 08:55 PM PST

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus pada angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 (Nataru) pada 22-24 Desember 2017. Untuk itu, Kemenhub telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dalam penanganan arus angkutan Nataru.

"Puncak mudik akan terjadi mulai 22 Desember malam sampai 24 Desember. Oleh karena itu, saya mengimbau bagi yang sudah libur atau cuti sebaiknya berangkat lebih awal karena tanggal 22 akan terjadi suatu lonjakan, begitu juga tanggal 23 dan 24. Kita juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder terkait angkutan Nataru," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya, dalam keterangan tertulis, seperti ditulis Kamis (14/12/2017).

Budi Karya Sumadi mengatakan telah memberi beberapa rekomendasi untuk angkutan darat salah satunya memeriksa kelaikan atau kondisi bus (rampcehck). Dia menuturkan, Kemenhub dalam hal ini Ditjen Perhubungan Darat sudah melakukan random check terhadap bus yang akan digunakan dalam angkutan Nataru.

"Ditjen Perhubungan Darat telah melakukan rampcheck terhadap bus, dalam waktu singkat kita akan lakukan double check juga pengecekan di lapangan. Ini kita lakukan secara intensif untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan karena kondisi kendaraan yang tidak layak. Untuk itu, saya imbau pemilik kendaraan untuk melakukan cek dan tidak mengoperasikan kendaraannya yang tidak layak," papar Budi Karya.

Budi juga menambahkan, tidak ada pembatasan kendaraan khususnya truk. Namun Budi mengimbau agar truk tidak beroperasi pada 22 Desember.

"Memang tidak ada pembatasan kendaraan tetapi kami imbau mulai tanggal 22 Desember agar truk tidak beroperasi kecuali untuk mengangkut barang-barang pokok. Kami juga sudah minta pengangkutan semen dan baja tidak dilakukan kecuali sudah berkoordinasi dengan Ditjen Perhubungan Darat," kata Budi.

Terkait dengan kepadatan Gerbang Tol Cikarang Utama yang sering terjadi saat liburan panjang, Budi meminta Dirjen Hubdat untuk melakukan evaluasi rancangan arus angkutan nataru.

"Cikarang Utama adalah jalur yang paling strategis. Saya menugaskan Dirjen Hubdat untuk melakukan evaluasi tentang rancangan flow seperti apa, dan kami sepakati tadi bahwa komando di lapangan adalah Kakorlantas," ujar Budi.

Lebih lanjut Budi juga menyampaikan beberapa hasil koordinasi dengan pemangku kepentingan di antaranya terkait rest area, bahan bakar minyak (BBM), layanan tol nontunai.

"Berikutnya berkaitan dengan rest area, saya minta Dirjen Perhubungan Darat, Jasa Marga dan Korlantas mengecek kendaraan yang keluar masuk rest area, serta berkoordinasi dengan Polri di lapangan. Kemudian BBM, melalui laporan Kementerian ESDM tidak ada kelangkaan pasokan BBM karena sudah dipersiapkan jumlah yang cukup dan akan mempersiapkan motor untuk distribusi," kata Budi Karya.

Untuk layanan tol nontunai (e-toll), ia menjelaskan, pihaknya meminta agar disiapkan petugas di setiap gerbang untuk membantu pengendara yang tidak membawa atau kekurangan saldo kartu nontunai.

Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam antisipasi adanya longsor di jalur kereta api maupun jalan raya.

Secara khusus, Menhub mengatakan akan meminta Kementerian PUPR untuk menyiapkan traktor di tempat yang berpotensi longsor agar dapat bertindak cepat jika terjadi longsor. Selain itu, petugas medis atau kesehatan akan disiapkan pada sejumlah titik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Sejumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) terparkir di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (8/6). Terminal Pulo Gebang menjadi satu dari tiga terminal yang disiapkan oleh Pemprov DKI  untuk melayani arus mudik 2017. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, akan memeriksa kelayakan kendaraan (rampcheck) secara rutin terhadap angkutan Natal 2017 dan tahun baru 2018.

Selain itu, Menhub juga akan mengidentifikasi lokasi titik rawan kemacetan. Budi Karya menjelaskan, rencana operasi dan kesiapan angkutan Natal serta tahun baru akan disampaikan pada pekan depan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengedukasi pengusaha truk, pengusaha bus, dan pengusaha kendaraan terkait kelayakan kendaraan.

"Kita akan lakukan rampcheck secara rutin dan intensif. Penertiban bagi kendaraan yang tidak layak jalan, karena dari identifikasi kita, banyak sekali kendaraan umum yang tidak layak," ujar Budi Karya dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (10/12/2017).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu juga akan mengidentifikasi jalur serta titik lokasi rawan macet. Saat ini, Menhub telah menugaskan kepada seluruh direktur jenderal di lingkungan Kemenhub untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.

"Intinya kita (Kemenhub) sudah siap," tegas Budi Karya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kembali Temukan Tulang Korban Dukun Palsu di Hutan Alas Roban

Posted: 13 Dec 2017 08:52 PM PST

Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, kembali menemukan kuburan yang diduga korban dukun palsu pengganda uang yang berada di Hutan Alas Roban, Jawa Tengah. Total dua korban telah ditemukan polisi, akibat aksi nekat sang dukun palsu tersebut.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Kamis (14/12/201), keriuhan warga Sawangan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pecah saat jajaran Satuan Reskrim Polres Batang kembali menemukan lokasi kuburan korban dukun palsu pengganda uang.

Selanjutnya pada Rabu, 13 Desember 2017, polisi yang kembali melakukan penggalian di area hutan mendapatkan kuburan yang berisi tulang tengkorak manusia. Diduga tengkorak tersebut adalah Sugeng, warga desa setempat yang dilaporkan hilang tiga tahun lalu.

Rencananya Kamis siang ini, tim DVI Polda Jawa Tengah akan membawa tengkorak tersebut untuk diidentifikasi.

Sebelumnya pada Senin, 11 November 2017 lalu polisi telah mengevakuasi satu jenazah korban lainnya atas nama Restu Novianto yang hilang sejak pertengahan November 2017 di area yang sama.

Lokasi penguburan jenazah Restu Novianto ini ditemukan pihak kepolisian setelah mendapat pengakuan dari pelaku. Sehingga total dua jenazah korban berhasil ditemukan polisi.

Sementara Muslimin, sang dukun pengganda uang ditembak kakinya saat akan ditangkap polisi. Pelaku mengaku nekat membunuh para pasiennya lantaran mengelak saat ditagih uang hasil penggandaannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: