Rabu, 06 Desember 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Yamaha Perkenalkan Motor Rossi dan Vinales di Madrid

Posted: 06 Dec 2017 10:07 PM PST

Movisar Yamaha seperti dikabarkan Speedweek, Kamis (7/12/2017), bakal meluncurkan motor baru Valentino Rossi dan Maverick Vinales pada 24 Januari 2018 di kota Madrid, Spanyol.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kota Spanyol dipilih Movistar Yamaha untuk mengenalkan tunggangan anyar Rossi dan Vinales yakni Yamaha YZR-M1. Rencananya, bekas rumah jagal yang kini beralih fungsi sebagai Pusat Kebudayaan Matadero menjadi venuenya.

Movistar Yamaha sudah memilih Spanyol sebagai tempat memamerkan motor anyar sejak 2015. Tahun lalu, Barcelona dipilih sebagai tempat pengenalan motor anyar tim berlogo Garpu Tala itu.

Setelah mengenalkan motor anyar, Rossi dan Vinales akan bertolak langsung ke Spanyol. Seperti diketahui, keduanya bakal mengikuti tes MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang pada 28-30 Januari mendatang.

Sampai saat ini belum diketahui bagaimana perubahan yang dilakukan Movistar Yamaha terhadap motor Rossi dan Vinales untuk menghadapi MotoGP 2018. Rossi sebelumnya pernah membocorkan jika tunggangannya musim depan bakal terinspirasi dari motor edisi 2016.

"Kami mencoba motor 2016 dan setuju jika motor 2017 lebih buruk. Kami harus menunggu untuk melihat motor baru, hal itu sangat menarik. Namun, saya dapat memastikan motor itu mengambil inspirasi dari motor 2016," kata Valentino Rossi kepada Radio Deejay pada 1 Desember lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim: Sidang Tipikor akan Gugurkan Praperadilan Setya Novanto

Posted: 06 Dec 2017 10:06 PM PST

Sidang praperadilan tersangka korupsi proyek e-KTP Setya Novanto dimulai hari ini. Hakim Kusno, yang memimpin jalannya sidang menjelaskan praperadilan dinyatakan gugur, saat sidang tindak pidana korupsi secara sah dimulai.

"Praperadilan gugur pada pemeriksaan pokok perkara dimulai, itu sejak hakim mengetuk palu pembukaan sidang," kata dia di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

Pernyataan Hakim Kusno mengacu, pada Pasal 82 Ayat 1 huruf di Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 (KUHAP) tentang Wewenang Pengadilan untuk Mengadili. Di sana disebutkan praperadilan gugur apabila hakim pokok perkara mulai memeriksa terdakwa dalam persidangan.

"Jadi kita sepakat ya untuk itu? Karena jangan sampai ada perdebatan," tegas dia kepada pihak pemohon Tim Pengacara Novanto dan termohon Tim Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK telah melimpahkan berkas Setya Novanto ke Pengadilan Tipikor. KPK tengah menunggu kepastian jadwal persidangan.

Hakim Kusno berencana memutus sidang praperadilan sesuai aturan KUHAP, yakni tujuh hari. Dia menegaskan rencana jadwal persidangan, hingga vonis Kamis 14 Desember 2017.

"Jadi besok jawaban termohon, bawa bukti surat termohon-pemohon dan kalau ada saksi diajukan sekalian. Bukti surat dan saksi pemohon besok (Jumat) dibawa paling banyak dua orang, hari Senin kalau masih ada dikasih waktu lagi untuk keterangan saksi. Lalu, Selasa dan Rabu saksi dari termohon, Kamis Jam 9 pagi kesimpulan, kalau memungkinkan jam 3 saya putus," dia memungkasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gila, Mitsubishi Xpander Bekas Lebih Mahal dari yang Baru

Posted: 06 Dec 2017 10:05 PM PST

Mitsubishi Xpander kini jadi primadona baru di kancah otomotif nasional. Bahkan disebut-sebut surat pemesanan kendaraan (SPK) mobil tersebut saat ini tembus 30 ribu unit.

Saking banyaknya pesanan, masa tunggu hingga mobil sampai garasi konsumen jadi lama. Konsumen yang penasaran, memburu mobil penantang Avanza, Xenia, Ertiga dan Mobilio itu ke bursa mobil bekas. Termasuk di kawasan WTC Mangga Dua, Jakarta.

Menurut Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, setelah Xpander resmi meluncur banyak konsumen yang mencari, meski harga mobil tersebut akan naik antara Rp 5-10 juta.

"Kamu pesan Xpander, terus jual lagi, itu harga akan naik. Karena yang pesan sekarang (Xpander baru), diperkirakan sampai (ke garasi) sekitar April 2018," ujar Herjanto kepada Liputan6.com, Kamis (7/12/2017).

Kata dia, Mitsubishi Xpander berstatus bekas akan banyak diburu konsumen di daerah. Konsumen di daerah memiliki beberapa pertimbangan.

Jika membeli bekas, ongkos kirim dari Jakarta ke daerah jumlahnya tetap akan lebih murah dari harga on the road di tempat tujuan. Selain itu, di sejumlah daerah suplai Xpander tak terlalu banyak seperti di kota-kota besar. Waktu tunggu pun akan lebih lama. Supaya dapat lebih cepat, mobil bekas jadi alternatif jalan.

Herjanto sendiri memprediksi, Mitsubishi Xpander akan hadir di pasar mobil bekas sekitar Januari-Februari 2018.

"Siapa yang jual? Ada saja orang-orang ajaib. Orang yang cuma ingin coba, tapi habis itu dijual. Hal itu sudah biasa," tuturnya.

Kehadiran mobil-mobil terbaru di 2017 seperti Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander ternyata mempengaruhi penjualan otomotif, khususnya di pasar mobil bekas.

Setelah resmi meluncur di pertengahan 2017, kedua mobil tersebut nyatanya sangat berimbas pada penjualan mobil bekas terlebih untuk jenis kendaraan keluarga di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta.

Menurut Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, imbas paling terasa setelah adanya Confero S dan Xpander terjadi pada Avanza, Xenia, Mobilio, Ertiga, Rush, Terios, dan lainnya.

"Mobil-mobil ini kena dampak langsung turun 5-10 persen. Kehajar semua," ucap Herjanto.

Lebih lanjut Herjanto menyatakan, yang membuat rata-rata mobil bekas turun ini selain masalah keberadaan desain yang lebih segar, harga yang 'terjangkau' seperti Wuling Confero S.

Kendati demikian, dia mengaku, mobil Avanza, Xenia dan Mobilio tetap menjadi kendaraan yang tetap paling banyak diburu sepanjang 2017.

"Karena yang tergerus itu cuma harganya, sedangkan permintaannya tetap banyak, karena mobil itu sejuta umat, dan di luar (Jabodetabek) banyak banget populasinya. Otomatis tidak akan bisa tergeser 1-2 tahun," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Siap Pasok Gas Bumi ke Kawasan Ekonomi Khusus Sukabumi

Posted: 06 Dec 2017 10:02 PM PST

PGN akan memasok gas alam ke Kawasan Ekonomi Khusus Geopark Sukabumi. Bekerja sama dengan PT Bintangraya Lokalestari selaku pengelola KEK Geopark ini, PGN siap memasok energi untuk mendukung pengembangan bisnis pariwisata.

"Pariwisata telah menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional, karena itulah PGN siap mendukung pengembangan pariwisata khususnya di KEK Geopark ini lewat penyaluran gas bumi yang aman, ramah lingkungan, berkelanjutan, dan efisien," ujar Direktur Komersial PGN, Danny Praditya, di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Sebagai langkah awal kerja sama, pada Selasa (5/12/2017) bertempat di Bogor Icon Hotel, Bukit Cimanggu City, Bogor, Jawa Barat telah dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT PGN dan PT Bintangraya Lokalestari.

MoU tersebut akan mengatur tentang Kerjasama Pemanfaatan Gas Bumi dan Pengembangan Bisnis di KEK Geopark Sukabumi.

Penandatangan dilaksanakan antara Direktur Komersial PT PGN (Persero) Tbk Danny Praditya dan Komisaris PT Bintangraya Lokalestari, Dhanny Handoko di sela acara meeting Forum Pengembangan Kawasan Wisata Terpadu yang digelar oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata.

Kedua pihak rencananya akan bekerja sama di bidang pemanfaatan gas bumi beserta turunannya yaitu gas pipa, compressed natural gas (CNG), dan liquified natural gas (LNG) untuk memenuhi kebutuhan gas di wilayah KEK Geopark Sukabumi.

Selain itu, PGN akan mengembangkan infrastruktur gas bumi, pembangunan, pengoperasian, dan komersialisasi pembangkit tenaga listrik, chiller, teknologi informasi untuk mendukung pengembangan bisnis KEK Geopark Sukabumi.

Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT PGN dan PT Bintangraya Lokalestari. Penandatangan dilaksanakan antara Direktur Komersial PT PGN (Persero) Tbk Danny Praditya dan Komisaris PT Bintangraya Lokalestari, Dhanny Handoko di sela acara meeting Forum Pengembangan Kawasan Wisata Terpadu yang digelar oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata.

Sesuai tema PGN 360 Degree Integrated Solution, PGN berkomitmen memberikan layanan penggunaan gas bumi dari hulu hingga hilir.

Seperti, menyediakan gas bumi melalui anak usaha Saka Energi, menyediakan gas bumi dalam bentuk gas alam cair (LNG), CNG, sampai melalui jaringan pipa gas bumi yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi.

Saat ini, PGN telah memasok lebih dari 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, lebih dari 1.984 pelanggan komersial, dan 177.710 pelanggan rumah tangga.

Konsumen PGN tersebut tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi, di antaranya Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sorong Papua.

PGN akan tetap agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional.

Saat ini, infrastruktur pipa gas yang dibangun dan dioperasikan PGN telah mencapai lebih dari 7.450 km atau setara dengan 80 persen pipa gas bumi hilir nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Erupsi Gunung Agung, Bali Masih Prioritas Pariwisata?

Posted: 06 Dec 2017 10:01 PM PST

Pemerintah masih memprioritaskan pariwisata di Bali untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun depan. Meski, kondisi Gunung Agung di Bali belum pasti hingga saat ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pihaknya akan mencari cara supaya Bali masih tetap bisa diakses. "Tetap kami fokus Bali, mungkin akan kami pikirkan ke Banyuwangi, dari Banyuwangi lewat darat seandainya bandara tutup. Cari alternatif lain," kata dia di kawasan SCBD Sudirman Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Menurut Arief, Bali masih menjadi prioritas mengingat sebagian besar kunjungan wisman ke Bali. Setidaknya, 40 persen wisman mengunjungi Pulau Dewata tersebut. "(Tetap Bali?) Harus, karena Bali 40 persen, jadi fokusnya tetap Bali," sambungnya.

Kementerian Pariwisata akan berupaya membuat Bali tetap hidup. Caranya, dengan mendorong wisatawan domestik. "Domestik mulai bisa, mass domestik kita dorong ke sana agar tetap hidup Bali," tukas dia.

Arief melanjutkan, target wisman untuk 2017 sebanyak 15 juta wisman. Dengan erupsi ini, maka diperkirakan jumlah kunjungan terpangkas 1 juta wisman.

"Tahun ini 15 juta (wisman) mengingat kejadian meletus erupsi Gunung Agung shortage 1 juta, jadi 14 juta atau 95 persen," kata dia.

Dia mengatakan, kunjungan wisman ke Indonesia saat ini 15 ribu per hari dan terus naik. Bahkan, di bulan Agustus sudah mencapai 20 ribu per hari.

Menurut Arief, seharusnya kunjungan di bulan Desember bisa mencapai 25 ribu. "Jadi kalau per hari 15 ribu, tapi mulai Agustus 20 ribu. Desember harusnya 25 ribu per hari karena sebulan itu bisa 750 ribu," ujar dia.

Namun, jumlah kunjungan yang harusnya melesat di akhir tahun diperkirakan tak sesuai harapan. "Sayangnya yang harusnya panen," tambah dia.

Arief menuturkan, kondisi ini berpengaruh juga pada penerimaan devisa dalam negeri. Seharusnya, dengan 15 juta wisman devisa yang masuk mencapai US$ 18 miliar.

"Devisa gampang hitungnya, satu orang US$ 1.200 kalau seandainya tercapai 15 juta wisman US$ 18 miliar. Tapi sekarang kurang, hanya US$ 13,8 miliar atau hampir US$ 14 miliar," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Relawan penyelamat hewan melintas di kawasan radius 3 km dari puncak Gunung Agung di Desa Sebudi, Karangasem, Bali, Senin (4/12). Erupsi Gunung Agung menyebabkan kawasan dalam radius terdampak mengalami kerusakan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah masih terus memonitor dampak dari letusan Gunung Agung terhadap perekonomian di Bali maupun secara nasional.

Menkeu menyatakan, sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia, letusan gunung ini dipastikan akan sangat mempengaruhi sektor pariwisata, bukan hanya di Bali, tetapi juga secara nasional.

"Dampak Bali, kami akan memonitor mengenai dampak ekonomi dan karena Bali pusat pariwisata, kami juga akan melihat dari dampak ekonomi secara lebih luas," ujar dia di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Sri Mulyani menuturkan, peristiwa seperti ini bukan pertama kali terjadi di Bali. Selain itu, provinsi dengan julukan Pulau Dewata ini juga pernah mengalami masa-masa sulit saat terjadinya ledakan bom dan mengguncang pariwisata di daerah itu.

"Bali tentu pernah mengalami situasi yang tidak baik di masa lalu dan memengaruhi keseluruhan pariwisatanya dan aktivitas gunung berapi juga pernah terjadi di Bali, maka kami akan melihat bagaimana dampak itu akan bisa dimitigasi dan diminimalkan," kata dia.

Namun demikian, Sri Mulyani menyatakan, pemerintah akan membantu sehingga aktivitas pariwisata di provinsi tersebut kembali normal. Nantinya bantuan akibat letusan Gunung Agung yang diberikan akan mengikuti aturan yang berlaku.

"Dalam mendukung, kami akan melakukan berdasarkan peraturan UU, di mana keuangan negara akan mendukung daerah yang mengalami bencana sesuai kriteria yang ada," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gawat, Ada Plastik Bekas Pengobatan HIV di TPS Cirebon

Posted: 06 Dec 2017 10:01 PM PST

Limbah medis yang dibuang ke tempat penampungan sementara (TPS) di Cirebon menambah persoalan baru bagi warga setempat. Pasalnya, TPS tersebut berlokasi persis di bantaran sungai.

Dengan kemasan terbuka dan penanganan serampangan, limbah medis yang mengandung kuman dan bibit penyakit bisa menyebarkannya ke mana-mana.

"Kalau air sampah lagi naik dan mengalir kemana-mana, ini kan sangat bahaya kalau terkontaminasi ke manusia," tutur Ketua Sanggar Lingkungan Hidup (SLH) Cirebon Cecep Supriyatna, Rabu, 6 Desember 2017.

Bukan hanya jarum suntik dan vaksin hepatitis B saja, dari pantauan terbaru, SLH Cirebon juga menemukan beberapa bungkus plastik bekas pengobatan HIV. Dia menyayangkan tindakan pengusaha pihak ketiga dari rumah sakit yang tidak memedulikan kesehatan masyarakat akibat pencemaran limbah medis itu.

"Kami sudah lapor ke Dinas Lingkungan hidup Jawa Barat semoga segera ditindak karena ini sudah pidana," ujar dia.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon menduga praktik penimbunan limbah berisi Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Desa Panguragan, Kabupaten Cirebon, dilakukan pada malam hari.

Namun, Dinkes Kabupaten Cirebon belum menelusuri lebih rinci waktu yang pasti saat mengirim limbah medis ke Cirebon.

"Tepatnya hari apa belum dapat info lagi tapi yang pasti ngirimnya malam hari," ujar Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni, Kamis (7/12/2017).

Enny mengaku kesulitan memberantas tumpukan limbah medis yang berasal dari sejumlah rumah sakit di luar Cirebon. Selain terstruktur, masyarakat desa setempat seakan minim kesadaran.

Dia mengaku, sebagian masyarakat yang memungut sampah sebagai mata pencaharian mereka. Otomatis, limbah medis pun menjadi bagian dari mata pencaharian mereka.

"Dibenturkannya dengan perut kan tidak nyambung, sementara ini limbah sangat berbahaya," kata dia.

 

 

Selain jarum suntik bekas, warga menemukan tabung sampel darah yang masih ada sisa darah menempel di lokasi TPS di Cirebon. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Berbagai upaya sosialisasi dan pendampingan terus dilakukan Dinkes bahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon. Namun, lagi-lagi terbentur dengan mindset pemulung yang menjual barangnya ke pengepul.

Dinkes, kata Enny, tidak bisa menghukum aktivitas para pemulung yang dipastikan dipastikan melanggar hukum tersebut. Dia menaruh harapan besar kepada kepolisian agar dapat mengambil tindakan atas praktik pembuangan limbah medis yang tidak sesuai prosedur dan undang-undang yang berlaku.

Enny mengaku upaya membersihkan limbah medis di tempat pembuangan sampah sementara tersebut terus dilakukan. Enny bertekad akan memutus mata rantai dari praktik yang melanggar undang-undang itu.

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat untuk menindaklanjuti kondisi yang terjadi di Kabupaten Cirebon itu. Dia berharap, kasus penumpukan limbah medis di Kabupaten Cirebon tersebut menjadi tanggungjawab bersama demi menjaga kesehatan masyarakat setempat.

"Berharap pemprov bergerak juga dan berupaya mencegah agar limbah tidak dikirim terus," ujar dia.

Sebelumnya, Dinkes Kabupaten Cirebon mengatakan tumpukan limbah medis di Desa Panguragan Wetan Kecamatan Pangurahan Kabupaten Cirebon bukan berasal dari Rumah Sakit di Kabupaten Cirebon.

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengaku persoalan limbah medis di Kabupaten Cirebon sudah menjadi tanggung jawab bersama. Dinkes bersama DLH Kabupaten Cirebon serta kepolisian setempat sudah memanggil dan menindak perusahaan yang diduga membuang limbah medis tersebut.

"Ternyata ramai lagi tahun ini saya juga tidak habis pikir," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (6/12/2017).

Dinkes, kata dia, sudah melakukan pendekatan kepada masyarakat Desa Panguragan, tapi belum berbuah hasil. Enny juga mengaku sudah menelusuri pembuangan limbah medis yang ada di rumah sakit di Kabupaten Cirebon, tetapi hasilnya nihil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp Tidak Takut Bertemu Real Madrid

Posted: 06 Dec 2017 10:00 PM PST

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menegaskan timnya tidak takut menghadapi siapa pun di babak 16 besar Liga Champions, termasuk juara bertahan Real Madrid.

Liverpool memastikan diri lolos ke perdelapan final setelah meraih kemenangan 7-0 atas Spartak Moscow matchday terakhir Grup E Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (7/12/2017) dinihari WIB.

Tuan rumah langsung unggul 3-0 di babak pertama. Philippe Coutinho mencetak dua gol di menit keempat dan 15, ditambah satu gol Roberto Firmino di menit ke 19.

Di babak kedua, empat gol tambahan didapat Liverpool. Empat gol itu dicetak Sadio Mane pada menit ke-47 dan 76, Coutinho (50'), serta Mohamed Salah (86').

Di babak 16 besar Liga Champions calon lawan Liverpool adalah Basel, Bayern Munchen, Juventus, Shakhtar, Porto dan Real Madrid.

"Saya tidak keberatan siapa pun lawan yang kami dapatkan. Biasanya saya selalu mendapatkan Real Madrid, jadi kita lihat saja. Kami tidak memiliki lawan yang disukai. Tapi, akan sangat menyenangkan kembali ke babak knockout setelah sekian lama. Saya menyukai berita semacam ini," kata Klopp seperti dilansir Soccerway.

 

 

Pemain Liverpool, Sadio Mane bersama rekan setimnya merayakan gol ke gawang Spartak Moscow pada matchday terakhir Grup E Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (7/12). (AP/Rui Vieira)

"Tidak ada yang bisa membayangkan bahwa (kemenangan 7-0) akan terjadi seperti malam ini. Ini adalah pertandingan hidup mati bagi kedua tim. Spartak Moscow adalah tim yang sangat bagus. Saya tahu Anda tidak akan berpikir begitu sekarang, tapi mereka sulit dilawan."

"Kami membuka permainan dengan sempurna dan setelah kami memimpin, kami tidak harus mempertahankannya. Ini adalah malam yang menyenangkan di Anfield, saya tidak perlu mengeluh lagi malam ini, semuanya baik-baik saja," Klopp menambahkan.

Hasil positif membuat Liverpool mendulang 12 poin dan mengklaim peringkat pertama di klasemen akhir Grup E. Mereka ditemani Sevilla yang menghuni urutan kedua dengan delapan angka.

Adapun Spartak Moscow terdepak ke Liga Europa karena mendulang enam poin di urutan ketiga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unggah Foto, Justin Bieber Bikin Warganet Terharu

Posted: 06 Dec 2017 10:00 PM PST

Justin Bieber jadi pembicaraan warganet setelah mengunggah fotonya bersama sang ayah. Dalam foto tersebut Bieber mengucapkan syukur karena memiliki sosok ayah yang hebat sepertinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Dia Lahir, Cari Tahu Apakah Bayi Anda Kidal Atau Tidak

Posted: 06 Dec 2017 10:00 PM PST

Kidal atau tidaknya seorang anak rupanya sudah bisa diketahui sebelum dia lahir. Saat dalam kandungan sudah diketahui seorang anak bakal lebih terampil tangan kanan atau kiri.

Rupanya seorang anak sudah diketaui kidal atau tidaknya sejak usia kandungan 18 bulan. Peneliti asal Italia yakni Valentina Parma dan Umberto Castiello yang berhasil mengetahui hal ini.

Fakta menarik ini diketahui lewat studi analisis terhadap 29 janin menggunakan pemindaian ultrasonografi 4D. Setiap minggu janin tersebut di USG sehingga diketahui pergerakan tangan janin dalam rahim.

Dua peneliti asal International School for Advanced Studies of Trieste dan University of Padua ini menemukan sejak dalam kandungan sudah bisa diprediksi anak bakal kidal atau tidak. Dengan angka kepastian sampai dengan 89 persen seperti mengutip Time, Kamis (7/12/2017).

"Hasil penelitian menunjukkan sejak usia janin 18 minggu secara signifikan telah terlihat gerakan tangan mana yang lebih aktif (kanan atau kiri alias kidal)," kata mereka.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Di dunia ini ada sekitar 10-20 persen orang kidal. Ada beberapa keunikan yang dimiliki orang kidal. Berikut tiga hal di antaranya seperti mengutip Huffington Post.

1. Bukan hanya keturunan

Hingga kini para ilmuwan tidak tahu pasti mengapa beberapa orang kidal. Yang jelas, faktor genetik memengaruhi sekitar 25 persen.

2. Lebih berisiko masalah kesehatan mental

Menurut sebuah studi pada 2013 Yale University, orang-orang yang kidal memiliki risiko lebih besar dari gangguan psikotik seperti skizofrenia. Ketika peneliti menyurvei pasien di sebuah klinik kesehatan mental, 40 persen di antaranya yang mengalami skizofrenia menulis dengan tangan kiri.

Studi lain juga menemukan hubungan antara kidal dengan disleksia, gangguan perhatian defisit hiperaktif (ADHD), dan beberapa gangguan mood.

3. Jago olahraga

Orang kidal cenderung memiliki keahlian di bidang olahraga. Profesor psikologi di University of Texas-Austin, Ronald Yeo, PhD mengatakan, dalam buku The Puzzle of Left-Handedness, Rik Smits menjelaskan bagaimana para pelatih begitu mudahnya mengajari petenis, petinju dan pemain bisbol yang kidal.

4. Jago matematika

Dalam studi yang dipublikasikan Frontiers in Psychology disebutkan orang kidal lebih jago memecahkan soal matematika yang sulit.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Assistant Mulai Sambangi Feature Phone

Posted: 06 Dec 2017 10:00 PM PST

Google kembali memperluas penggunaan layanannya. Kali ini, rakasa mesin pencari itu merilis asisten personal virtual, Google Assistant, untuk feature phone.

Dilansir Android Authority, Rabu (6/12/2017), Google mengumumkan layanan Assistant untuk feature phone itu saat menggelar acara di New Delhi, India, pada 5 Desember 2017, waktu setempat. Kehadiran Assistant merupakan salah satu bentuk usaha Google mendukung ponsel low-end.

Di tengah pertumbuhan pengguna smartphone, ternyata masih banyak orang di dunia yang menggunakan feature phone. Ponsel ini tidak menjalankan OS Android, tapi memiliki fitur yang membuatnya bisa terhubung ke jaringan internet. Oleh karena itu, Google bisa merilis Assistant untuk feature phone.

Feature phone pertama yang memiliki Assistant adalah Reliance JioPhone. Terlepas dari kehadiran Google Assistant, Reliance JioPhone telah memiliki fitur asisten suara sendiri bernama HelloJio.

Ponsel yang dirilis pada awal tahun ini mendukung jaringan 4G dan menjalankan OS custom berbasis Firefox OS yaitu KaiOS. Pelanggan operator seluler LTE India, Jio, bisa mendapatkan ponsel ini secara gratis dengan deposit.

 

Untuk bisa merilis Assistant di Reliance JioPhone, Google harus melakukan sejumlah penyesuaian. Beberapa diantaranya adalah menghadirkan dukungan bahasa Hindi untuk perangkat tersebut dan penyesuaian tampilan untuk layar QVGA JioPhone yang berukuran 2,4 inci.

Memang akan ada perbedaan tampilan jika dibandingkan smartphone, tapi fungsi utamanya akan tetap sama. Artinya, para pengguna JioPhone akan bisa menikmati berbagai fitur yang sama seperti tersedia untuk pengguna smartphone.

Lebih lanjut, sejauh ini belum ada konfirmasi dari Google mengenai kehadiran Assistant untuk feature phone yang lain. Namun, kehadiran Assistant di India diprediksi akan kian memperkuat pijakan Google di pasar ponsel.

India saat ini diperkirakan memiliki 500 juta pengguna feature phone, sehingga dinilai ada peluang besar bagi Google untuk mendapatkan banyak pengguna baru dan membawa mereka ke ranah online. Hal ini sejalan dengan strategi Next Billion Users perusahaan tersebut.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jam Tangan MIDO Luncurkan Koleksi Commander yang Legendaris

Posted: 06 Dec 2017 09:59 PM PST

Merek jam tangan asal Swiss, MIDO, melunucurkan produk terbaru dari rangkaian seri Commander. Koleksi teranyarnya ini diberi nama Mido Commander Icône. Mido sendiri merupakan salah satu brand middle range yang tergabung dengan Swatch Group Switzerland.

Sama seperti seri Commander pendahulunya yang tak pernah berhenti diproduksi sejak 1959, Mido Commander Icône memiliki desain yang tak ada duanya dan tak lekang oleh waktu.

Memiliki desain bundar dan terbuat dari satin-finished steel, desain dari jam tangan tersebut terlihat klasik, tetapi tetap terasa sentuhan jiwa mudanya.  Menjadikannya sebuah ikon jam tangan Swiss.

Mido Commander Icône memiliki diameter berukuran 42 mm dan dilapisi dengan kristal safir. Tak hanya indah dipandang, lapisan ini juga membuat jam tahan terhadap goresan. Anda pun bisa bergerak bebas tanpa perlu khawatir jam menjadi lecet.

Bagian rantainya pun tak kalah menawan. Rantai Milanese mesh-nya tersebuat dari satin-finished stainless steel. Rantainya juga dilengkapi dengan sliding clasp, sehingga mudah diatur besar kecilnya.

Jam tersebut juga siap menemani Anda dalam berbagai situasi, dimana pun dan kapan pun. Pasalnya, jam ini tahan air hingga kedalaman 50 m. Selain itu, jarum jam ini juga dilengkapi fitur Super-LumiNova®, alias glow in the dark, sehingga bisa terbaca meski di ruang gelap atau pada malam hari.

Akurasi dari jam Mido Commander Icône juga sudah terjamin. Kronometer jam ini telah mendapat sertifikat dari Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres, yaitu badan sertifikasi yang memberi penilaian terhadap keakuratan dan presisi dari semua jam tangan yang ada di Swiss. Sertifikasi Chronometer ini memberikan jaminan keakuratan hingga mendekati 0 detik per hari.

Jadi, dilengkapi dengan Caliber 80 Si, yaitu kronometer yang dilengkapi silicon balance-spring, akurasi kronometer jam tersebut akan berjangka lebih panjang karena tahan terhadap magnet dan goncangan, sehingga layak di kategorikan sebagai jam yang super precise.

Jika Anda tertarik memiliki jam tangan legendaris ini, silakan kunjungi segera pameran MIDO Commander di Central Park Mall (11 – 31 Desember) dan Supermal Karawaci (8 Desember 2017 – 7 Januari 2018).  Info lebih lanjut telepon / Whatsapp di 08111979019 / 08111979020

 

 

(ADV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Rijeka Vs AC Milan: Pembuktian Gattuso

Posted: 06 Dec 2017 09:51 PM PST

AC Milan bakal memainkan laga terakhir mereka di Liga Europa, dinihari WIB nanti. Mereka akan dijamu Rijeka di Stadion HNK Rijeka di Grup D. Bagi pelatih baru Milan, Gennaro Gattuso, ini bisa jadi ajang pembuktian kapasitasnya.

Gattuso baru saja dilantik menjadi pelatih I Rossonerri menggantikan Vicenzo Montella. Sayang, debutnya sebagai pelatih Milan berakhir kurang bagus.

Gattusso gagal membawa timnya menang atas tim papan bawah, Benevento, pada lanjutan Serie A, 3 Desember 2017. Pada pertandingan itu, AC Milan hanya bermain imbang 2-2. Kinerja Gattuso pun langsung mendapatkan sorotan.

Meski demikian, Gattuso tak khawatir. Dia memang kecewa, namun mantan pemain AC Milan ini merasa timnya masih bisa lebih baik.

"Ada banyak hal yang tidak kami lakukan dengan cara yang baik, namun saya suka semangat tim. Saya senang Nikola Kalinic dan Giancomo Bonaventura mencetak gol, dan Franck Kessie juga bermain baik," ujar Gattuso setelah pertandingan.

Kini pria asal Italia itu berpeluang untuk membuktikan diri bersama AC Milan. Saat ini, performa tuan rumah terbilang tak konsisten. Dalam lima pertandingan terakhir, Rijeka meraup dua kemenangan, dua hasil imbang, dan sekali kalah.

Kekalahan itu justru diraih Rijeka pada 3 Desember 2017 di kompetisi domestik. Menjamu Hajduk Split, armada Matjaz Kek itu menyerah dengan skor 1-2.

Pemain AC Milan, Patrick Cutrone berebut bola dengan pemain HNK Rijeka, Rijga Dario Zuparic dalam laga Grup D Liga Europa di San Siro, Kamis (28/9). Bertindak sebagai tuan rumah, Rossoneri –julukan Milan– sukses meraih kemenangan 3-2. (AP/Luca Bruno)

Mantan gelandang andal AC Milan itu siap memaksimalkan kekuatan pasukannya. "Kami butuh semua pemain sekarang, bahkan mereka yang tidak main. Kami harus lebih baik. Saat latihan saya lihat wajah-wajah marah dari pemain, dan itu masih menyala," ujarnya. 

Selain itu, AC Milan dipastikan bisa tampil dengan kekuatan penuh. Tak ada pemain yang cedera atau terkena sanksi. Berbeda dengan lawan yang harus tampil tanpa Josip Misic yang absen karena akumulasi kartu. Posisinya kemungkinan diisi pemain asal Ghana, Maxwell Acosty.

Rijeka (5-4-1): Andrej Prskalo; Marko Vesovic, Roberto Puncec, Dario Zuparic, Leonard Zhuta, Mate Males; Zoran Kvric, Maxwell Acosty, Filip Bradaric, Alexander Gorgon; M. Gavranović

Pelatih: Matjaz Kek (Slovenia)

AC Milan (3-5-2): Gianluigi Donnaruma; Cristian Zapata, Leonardo Bonucci, Alessio Romagnoli; Ricardo Rodriguez, Giacomo Bonaventura, Franck Kessie, Riccardo Montolivo, Suso; Andre Silva, Nikola Kalinic

Pelatih: Gennaro Gattuso (Italia)

Head to head:

Milan 3-2 Rijeka (Liga Europa)

Lima pertandingan terakhir Rijeka:

4/11/17 Gorica 0-3 Rijeka (Piala Kroasia)

19/11/17 Rijeka 0-0 Inter Zapresic (Liga Kroasia)

24/11/17 AEK Athens 2-2 Rijeka (Liga Europa)

27/11/17 Cibalia 1-2 Rijeka (Liga Kroasia)

03/12/17 Rijeka 1-2 Hajduk Split (Liga Kroasia)

Lima pertandingan terakhir AC Milan:

06/11/17 Sassuolo 0-2 Milan (Serie A)

19/11/17 Napoli 2-1 Milan (Serie A)

24/11/17 Milan 5-1 FK Austria Vienne (Liga Europa)

26/11/17 Milan 0-0 Torino (Serie A)

03/12/17 Benevento 2-2 Milan (Serie A)

Prediksi Bola.com:

Rijeka vs AC Milan: 40-60

Sumber: Berbagai sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Chester Bennington Bunuh Diri Usai Minum Alkohol

Posted: 06 Dec 2017 09:50 PM PST

Laporan forensik Chester Bennington terkuak ke publik lewat sebuah artikel yang dipublikasikan oleh TMZ, baru-baru ini. Dari laporan ini, terungkap bahwa Chester Bennington bunuh diri usai konsumsi minuman beralkohol.

Dilansir dari People, Kamis (7/12/2017), dalam laporan yang dikeluarkan Kantor Forensik Wilayah Los Angeles, ditemukan sejumlah kecil alkohol dalam darah Chester Bennington.

 (Bambang E. Ros/bintang.com)

Ini cocok dengan temuan kepolisian di lokasi tewasnya sang vokalis Linkin Park, yakni gelas bir, satu botol kosong bir Stella Artois, dan obat Zolpidem. Terdapat pula sebuah buku catatan di dekat jenazah Chester, tapi tak ada pesan kematian di dalamnya.

Ditemukan pula kandungan MDMA atau ekstasi dalam darah Chester Bennington. Namun dalam dua pemeriksaan lanjutan terhadap urine Chester, disimpulkan bahwa pelantun "Faint" ini tidak berada di bawah pengaruh obat-obatan ini saat ia meninggal dunia.

 

 

Dilansir dari Rolling Stones, TMZ juga menyebutkan bahwa ini bukan pertama kalinya Chester Bennington mencoba bunuh diri setelah minum minuman beralkohol.

Pada 2006, Chester Bennington pernah meninggalkan rumah dengan pistol setelah menenggak minuman keras dalam jumlah besar.

Semasa hidup, Chester Bennington disebutkan memang memiliki sejarah sebagai seorang alkoholik, yang menderita depresi dan punya keinginan untuk bunuh diri. Laporan forensik ini menyimpulkan bahwa Chester Bennington memperlihatkan karateristik yang muncul dalam kasus gantung diri pada umumnya.

Chester Bennington (Instagram/ @linkinpark)

Seperti diketahui, Chester Bennington ditemukan tidak bernyawa di kediamannya di California, pada 20 Juli 2017. Setelah sembilan hari, Chester Bennington akhirnya dibaringkan di peristirahatan terakhirnya, yaitu di South Coast Botanic Garden, Rancho Palos Verdes, California, pada Sabtu, 29 Juli 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Kementerian Efisiensi Belanja dan Rapat

Posted: 06 Dec 2017 09:46 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan perlu jajaran pemerintah, baik pusat dan daerah untuk perkuat sinkronisasi, harmonisasi, keterpaduan serta sinergi antara kegiatan yang didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (ABPN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dana transfer ke daerah dan dana desa.

"Ini harus sambung, harus terintegrasi. Kalau tidak ini, saya ulang lagi, bangun bendungan, bangun waduk, waduknya ada irigasinya enggak ada. Ini enggak satu dua. Jangan kita ulang sekali lagi yang seperti ini," ujar Jokowi saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018, seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (7/12/2017).

Jokowi juga meminta agar dilakukan perencanaan anggaran yang fokus, peningkatan belanja publik, dan penuhi belanja mandatori yang berkaitan dengan belanja pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta agar Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD harus disahkan tepat waktu, melakukan efisiensi belanja operasional, belanja modal, belanja pegawai, perjalanan dinas dan rapat-rapat.

"RKA K/L, hampir 90 persen kita seperti ini. Model-model seperti ini harus berhenti, harus dihentikan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, agar dana desa melalui kegiatan swakelola yang bersifat padat karya dilakukan dengan skema cash for work. Yang terakhir, Jokowi mengingatkan pada 2018 adalah tahun yang penuh dengan rencana strategis, ada Pilkada serentak dan Asian Games.

"Oleh sebab itu, kita semua harus fokus bekerja. Saya minta supaya terus meningkatkan koordinasi di seluruh jajaran," kata Jokowi.

Penyerahan DIPA 2018 itu dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, para pimpinan lembaga negara, para menteri Kabinet Kerja, para pimpinan lembaga pemerintah non kementerian, para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, serta pejabat eselon I dari seluruh K/L.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah untuk menyederhanakan proses pencairan dana yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APB‎N). Hal tersebut setelah dirinya mendapatkan keluhan dari guru-guru di daerah.

Jokowi mengatakan, dalam mengeksekusi anggaran yang telah dialokasikan dalam APBN, para pimpinan kementerian/lembaga (K/L) dan daerah harusnya berorientasi pada hasil, bukan lagi pada prosedur. Sebab, jika selalu mengutamakan prosedur, proses pencairan dananya akan membutuhkan proses yang panjang.

‎"Saya minta pada seluruh menteri, lembaga, pemerintah daerah, untuk terus melakukan penyederhanaan dalam pelaksanaan APBN. Sehingga orientasinya adalah hasil bukan orientasinya prosedur," ujar dia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu 6 Desember 2017.

Jokowi bercerita, ‎saat menghadiri peringatan Hari Guru Nasional di Bekasi beberapa waktu lalu, dirinya banyak mendapatkan keluhan dari para guru. Para guru tersebut mengeluh soal rumitnya proses administrasi atau prosedur untuk pencairan tunjangan, kenaikkan pangkat, sertifikasi, dan sebagainya.

"Beliau-beliau menyampaikan, Pak kita ini jadi tidak konsentrasi urusan belajar mengajar tapi justru habis tenaga kita untuk ngurusi administrasi, prosedur yang tadi saya sampaikan," kata dia.

Jokowi menuturkan, keluhan yang disampaikan oleh para guru ini hanya contoh kecil dari rumitnya pencairan dana di K/L dan daerah. Jika terus seperti ini, kata dia, maka tenaga dan pikiran para pegawai negeri sipil (PNS) hanya habis untuk mengurus pencairan dana.

"Ini saya kira tidak hanya untuk urusan guru saja tapi urusan-urusan yang lain kita masih terbelit dengan yang seperti ini. Menghabiskan waktu, menghabiskan tenaga, menghabiskan pikiran, hanya ruwet muter-muter di urusan-urusan ini. Yang sampai hari ini belum bisa kita potong. Oleh sebab itu segera semuanya, dari pusat, sampai ke daerah, sederhanakan ini," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Sah Jadi Ibu Kota Israel, Ini Dokumen yang Ditandatangani Donald Trump

Posted: 06 Dec 2017 09:45 PM PST

Presiden AS Donald Trump didampingi wakilnya Mike Pence, menunjukkan dokumen pengumuman Yerusalem yang akan ditandatangani di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12). (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden AS Donald Trump didampingi wakilnya Mike Pence, menunjukkan dokumen pengumuman Yerusalem yang akan ditandatangani di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12). (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden AS Donald Trump menandatangani dokumen pengumuman Yerusalem sebagai ibukota Israel di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12). (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden AS Donald Trump menandatangani dokumen pengumuman Yerusalem sebagai ibukota Israel di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12). (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden AS Donald Trump menunjukkan dokumen pengumuman Yerusalem sebagai ibukota Israel yang telah ditandatangani di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12). (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden AS Donald Trump menunjukkan dokumen pengumuman Yerusalem sebagai ibukota Israel yang telah ditandatangani di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12). (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden AS Donald Trump didampingi wakilnya Mike Pence membawa dokumen pengumuman Yerusalem usai ditandatangani di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12). (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden AS Donald Trump didampingi wakilnya Mike Pence membawa dokumen pengumuman Yerusalem usai ditandatangani di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington, Rabu (6/12). (AP Photo / Evan Vucci)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencinta Kopi? Hati-Hati, Ini Baik Buruknya Minuman Ini

Posted: 06 Dec 2017 09:45 PM PST

Bagi Anda pencinta kopi, tentunya tiada hari tanpa minum kopi. Namun sayangnya, banyak penelitian yang mengungkapkan bahaya minum kopi bagi kesehatan, sehingga banyak orang menahan diri untuk tidak meminumnya terlalu sering.

Namun, di antara banyaknya bahaya yang diungkapkan, ternyata kopi juga memiliki manfaat kesehatan. Lalu, sebenarnya apakah minuman kopi baik bagi kesehatan?

Dilansir dari FemaleMag, Kamis (7/12/17), seorang ahli gizi Dr. Bibi Chia di Oasia Novena Living Room Club Lounge menyebutkan bahwa sebenarnya Anda tidak perlu menghentikan kebiasaan minum kopi agar tubuh tetap sehat. Yang perlu dilakukan hanyalah bagaimana cara meminumnya dengan benar, sehingga Anda tetap mendapatkan semua manfaat yang terkandung di dalamnya.

Kopi Murni

Apa pun bentuk campuran yang Anda masukkan ke dalam secangkir kopi ternyata sangat berpengaruh. Jauhkan kopi Anda dari krim dan susu, terutama susu kental manis. Sebab, susu kental manis mengandung banyak lemak dan gula yang sangat tidak disarankan untuk kesehatan. 

Selain praktis, kopi instan juga sangat lezat untuk diminum. Hanya saja, kopi ini ternyata lebih banyak mengandung gula dan krim nonsusu yang tidak sehat. Bahkan biji kopi seringkali dipanggang dengan menggunakan margarin dan gula pada suhu tinggi yang berpotensi menyebabkan kaner karrsinogenik.

Gunakan Filter

Secara umum kopi hitam dikenal lebih menyehatkan dibandingkan dengan kopi lainnya. Tanpa tambahan lemak dan gula, kopi hitam merupakan minuman bebas kalori, lemak dan bebas gula yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut Bibi, cara terbaik untuk menyeduh kopi hitam adalah dengan menggunakan filter pour over atau drip. Filter ini akan membantu menyaring senyawa berminyak yang menjadi faktor pemicu meningkatnya kadar kolesterol.

(Latifah Gusri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Lebih Dekat Pelatih Pelatih Pelita Jaya, Johannis Winar

Posted: 06 Dec 2017 09:45 PM PST

Buat pencinta bola basket nasional, nama Johannis Winar tentu tak asing lagi. Dia menjadi sosok yang sukses merebut gelar juara kompetisi basket nasional semasa jadi pemain dan juga pelatih. 

Winar lahir dari gang kecil di jalan Bontoala Parang, Makassar. Gor Flying Wheel menjadi tempat bermain bagi sosok yang berhasil membawa Pelita Jaya meraih gelar juara Indonesia Basketball League (IBL) dan Perbasi Cup tersebut.

Bukan bermain basket, Winar kecil atau akrab disapa Ahang justru lebih sering bermain layang-layang. Tak pernah terlihat Ahang bermain basket seperti yang dilakukan para saudaranya.

"Ahang itu waktu kecil lebih sering bermain layangan. Biasanya dia pulang dengan luka-luka karena terjatuh mengejar layangan," ujar Ibu Ahang, Yu Ling Chen, saat dijumpai Bola.com.

Meski lebih menyukai bermain layang-layang, darah basket dalam diri Ahang tetap mengalir deras. Menurun dari sang Ayah, Hendry Winar, yang merupakan mantan pemain nasional, Ahang tetap berlatih basket walau tidak pernah diketahui para sepupunya.

"Biasanya Ahang pulang sekolah jam 12 siang, setelah itu dia langsung bermain basket sebelum sepupunya datang. Menjelang sore, Ahang baru bermain layangan sehingga tidak ada yang tahu dia bisa bermain basket," tutur Ling Chen.

Perasaan kaget keluarga besar Flying Wheel semakin memuncak kala Ahang terpilih masuk tim Sulawesi Selatan untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 1988 di Semarang. Berangkat dengan modal nekat, Ahang kembali dengan trofi pencetak skor terbanyak yang membuat Ling Chen dan Hendy terkejut.

Trofi pertama yang berhasil diraih Johannis Winar saat Kejurnas di Semarang. (Bola.com/Andhika Putra)

Penggalan cerita di atas hingga saat ini tak pernah bisa dilupakan kedua orang tua Ahang. Kejurnas itu pula yang akhirnya membawa Ahang terjun ke dunia basket profesional.

"Semua penghargaan yang didapat Johannis Winar selalu saya simpan, mulai dari piala hingga klipingan berita. Nanti akan saya berikan semua ini saat Ahang ulang tahun pada 24 Desember," ujar Ling Chen.

 

 

 

Sebuah kontrak sederhana di atas kartu nama, resmi menjadikan Ahang pemain klub Kalimantan bernama Banjar Baru. Namun, kisah Ahang bersama Banjar Baru tak berjalan manis.

Keputusan pemilik klub Banjar Baru, Budi Surya, untuk tidak lagi mengikuti Kompetisi Basket Utama (Kobatama) menjadi dilema bagi Ahang. Alhasil, Ahang hanya menjalani hari-hari sebagai pekerja biasa yang mengurusi bagian komputerisasi di Banjar Baru, bukan bermain basket seperti yang diimpikan.

Kenang-kenangan Ahang yang masih disimpan hingga saat ini oleh sang Ibunda. (Bola.com/Andhika Putra).

Doa Ahang untuk bisa kembali ke lapangan basket akhirnya terwujud. Klub asal Bandung, Pan Asia Indosyntex menawarkan kontrak kepada Ahang lewat sosok Suhadi Bing Adi. Namun, ada satu masalah besar, Ahang rupanya tak berani berbicara langsung kepada pihak Banjar Baru perihal keinginan pindah klub.

"Saya langsung minta bantuan Mama untuk berbicara kepada pihak Banjar Baru. Terus terang saya tidak berani berbicara saat itu," tutur Ahang.

Musim perdana Ahang di Pan Asia tidak berjalan mulus, gelar juara Kobatama tidak berhasil direbut. Gelar juara Kobatama 1996 jatuh ke tangan Aspac kala itu. Namun, musim perdana Ahang tidak berakhir percuma. Dia berhasil menjadi Most valuable Player dan pencetak skor terbanyak.

Impian Ahang untuk mengangkat trofi baru terwujud pada musim selanjutnya. Tidak tanggung-tanggung, anak layangan tersebut berhasil membawa Pan Asia juara Kobatama dua musim beruntun pada 1997 dan 1998.

Singkat cerita, kisah manis Ahang bersama Pan Asia pada akhrnya harus berakhir pada 2002. Penggemar Boston Celtics tersebut memutuskan meninggalkan Kota Kembang dan bergabung dengan Satria Muda.

"Saya bertanya kepada manajemen Pan Asia apakah masih ada niat untuk menjadi juara? Ternyata sudah tidak dan saya memutuskan pindah ke Satria Muda," tutur Ahang.

Hengkang ke Satria Muda, prestasi Ahang tidak merosot, dia kembali mengangkat satu trofi Indonesia Basketball League (IBL) 2004. Pada 2006, Ahang memutuskan kembali ke Pan Asia yang sudah berganti nama menjadi Garuda Bandung untuk merintis karier sebagai pelatih.

Perjalanan karier Ahang sebagai pelatih tidak berjalan mudah. Pria yang sempat tertabrak motor saat mengejar layangan itu baru benar-benar menangani Garuda Bandung pada 2010. Saat itu kompetensi Ahang sebagai pelatih sempat diragukan karena Garuda era 2010 berisikan pemain dengan materi bintang seperti Cokorda Raka Satrya Wibawa, Denny Sumargo, Gagan Rachmat, dan I Made Sudiadnyana.

Kembali sebagai pelatih, Ahang memberikan trofi Piala Gubernur DKI Jakarta pada 2010 setelah mengalahkan Pelita Jaya Esia di partai final. Setelah itu, karier kepelatihan Ahang terus berlanjut hingga akhirnya bisa menjadi pelatih Pelita Jaya saat ini.

"Saya orang yang tidak pernah setengah-setengah saat melakukan apapun. Saat memutuskan jadi pelatih, saya ingin menjadi pelatih terbaik," ujar Ahang.

Menjadi pelatih Pelita Jaya rupanya tak semanis bayangan Ahang. Menangani tim peninggalan Benjamin Alvarezsipin yang dipecat, membuatnya berada dalam tekanan. Apalagi pada musim perdananya Ahang ditinggal beberapa pemain senior Pelita Jaya, seperti Andy Batam, Dimas Aryo Dewanto, dan Kelly Purwanto.

Namun, keadaan itu tidak membuat Ahang putus asa. Dengan cerdik pelatih yang mengidolai sosok Brad Stevens tersebut meramu tim yang pada akhirnya bisa merebut gelar juara IBL 2017.

Pelita Jaya memenangi dua dari tiga gim pada partai final kontra Satria Muda Pertamina. Pada gim pertama, Pelita Jaya menang. Tapi Satria Muda mampu bangkit dan membuat kedudukan imbang 1-1 pada pertandingan berikutnya.

Saat berada dalam tekanan, Ahang beruntung memiliki seorang penasihat seperti sang Ayah, Hendry Winar. Beberapa saat setelah gim kedua, Hendry menelpon Ahang dan memberikan beberapa tips untuk mengalahkan Satria Muda.

Pasangan Hendry Winar dan Yu Ling Chen, kedua orang tua Ahang. (Bola.com/Andhika Putra)

"Saya beri tahu Ahang apa yang seharusnya dia lakukan saat gim ketiga. Pada akhirnya dia mengikuti apa yang saya katakan dan Pelita Jaya berhasil menang," tutur Hendry.

Kini setelah Ahang berhasil meraih kesukesan sebagai pemain juga pelatih, baik Hendry dan Ling Chen hanya berharap agar sang putra tidak cepat berpuas diri. Hendry dan Ling Chen kemudian menyampaikan doa serta harapan kepada Ahang.

"Yang terpenting Ahang harus terus rendah hati. Tidak boleh cepat berpuas diri, masih banyak prestasi yang harus diraih termasuk mengembangkan olahraga basket di Indonesia," ujar Ling Chen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Sebut Donald Trump Memutarbalikkan Fakta soal Yerusalem

Posted: 06 Dec 2017 09:44 PM PST

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK, mengatakan, usai pengumuman Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel akan memantik suasana menjadi panas.

Dia menuturkan, bukan hanya di kawasan Timur Tengah, pengakuan sepihak Trump terhadap Yerusalem juga akan menimbulkan gejolak di Indonesia.

"Pasti, bukan hanya di kawasan Timur Tengah yang memanas. Di negara lain, seperti di negeri kita bisa saja macam-macam lagi demo, kedutaan AS, atau negara lain akan terjadi. Dan itu sudah diperingatkan," kata JK di Serpong, Banten, Kamis (7/12/2017).

Dia menuturkan, apa yang dilakukan AS telah memutarbalikkan fakta. Meski demikian, Indonesia belum ada keinginan untuk memutuskan hubungan diplomatik.

"Namanya AS, ya begitu semua memutarbalikkan keadaan. (Memutuskan hubungan diplomatik) belum dipikirkan," ungkap JK.

Dia menuturkan, apa yang dilakukan Trump adalah realisasi janji kampanyenya saat pemilihan. Meski demikian, JK memandang apa yang dilakukan AS adalah menyalahi makna demokrasi sepenuhnya.

Dia pun mencontohkan upaya ini pernah terjadi saat AS menyerang Irak. Karena itu, adalah hal yang tak patut dibiarkan.

"AS menyerang Irak tanpa alasan yang jelas, akibatnya Irak hancur lebur, jauh lebih makmur waktu Saddam. Tanpa ingin mengkritik, artinya bahwa dengan kritikan juga kepada Saddam cara memerintah, tapi rakyatnya lebih makmur dulu daripada sekarang, hancur-hancuran. Mana yang lebih baik?" terang JK.

 

Jokowi menegaskan sikap Indonesia dalam isu Palestina. Ia mengatakan posisi Indonesia tidak pernah berubah.

"Saya dan rakyat Indonesia tetap konsisten dengan rakyat Palestina memperjuangkan haknya," kata Jokowi dalam konfrensi pers di Istana Bogor, Kamis (7/12/2017).

Hal itu merespons putusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyatakan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Jokowi menyebut langkah Trump sebagai pengakuan sepihak. Ia meminta lembaga internasional mengambil tindakan tegas.

"Saya meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut," Jokowi berujar.

Dalam beberapa kali kesempatan, Jokowi kerap memberikan dukungan pada Palestina. Bahkan, dalam janji kampanye saat Pemilihan Presiden 2014, ia menegaskan akan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes Palestina di RI: Kami Mengecam Langkah AS soal Yerusalem

Posted: 06 Dec 2017 09:43 PM PST

Duta Besar Palestina Terpilih untuk RI mengecam langkah Amerika Serikat yang menetapkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pernyataan itu disampaikan oleh sang dubes di sela-sela kegiatan Bali Democracy Forum ke-10 yang digelar di Banten, 7 Desember 2017.

Kepada jurnalis, Dubes Zuhair Al Shun mengatakan, negaranya tak bisa menerima bahwa Yerusalem menjadi ibu kota Israel.

"Kota itu (Yerusalem) adalah ibu kota Palestina," kata Dubes Al Shun di sela-sela BDF ke-10, Kamis (7/12/2017).

Ia melanjutkan, "Kami (Palestina) mengecam langkah tersebut. Semua pihak menolak keputusan itu."

Dubes Al Shun menambahkan bahwa keputusan yang diambil oleh Presiden AS Donald Trump tersebut tak berlandaskan pada situasi dan sejarah Kota Yerusalem.

"Maka keputusan itu tak berlaku dan tidak bisa diterima seluruh negara muslim di seluruh dunia," ujarnya.

"Trump bisa berkata apa saja, tapi apa yang ia katakan tidak akan (kami) pertimbangkan," ucapnya.

Mantan Dubes Palestina untuk Maroko itu juga menambahkan bahwa langkah yang dilakukan Amerika Serikat dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sangat tidak adil dan merusak "proses perdamaian yang tengah berlangsung" di kawasan.

Al Shun juga menilai, keputusan yang diambil oleh Presiden Trump--meski tak mendapat dukungan dari komunitas internasional bahkan masyarakat dalan negeri AS sendiri--adalah hasil dari upaya Israel yang sangat bersikeras mendorong penetapan tersebut.

"Ia (Trump) tak paham situasi di Timur Tengah kala mengambil keputusan tersebut, yang justru akan menimbulkan tensi politik tinggi dan kekerasan di kawasan ke depannya," ucap sang dubes terkait kecamannya terhadap keputasan Trump terkait Yerusalem

Duta Besar Zuhair AL Shun mengatakan bahwa Palestina, dalam waktu dekat, akan mendorong pertemuan multilateral dengan Liga Arab, guna membahas soal situasi Yerusalem. Termasuk juga dialog solusi yang berlandaskan pada skema "Two State Solution".

"Kami akan menggelar pertemuan membahas hal itu (dengan Liga Arab) sesegera mungkin. Dan kami juga masih akan menunggu keputusan komunitas internasional terkait hal tersebut," tambahnya.

Menutup pernyataannya, Al Shun mengatakan, "Kami akan dan sedang berjuang melawan Israel dan Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suasana Sidang Praperadilan Setya Novanto

Posted: 06 Dec 2017 09:43 PM PST

Meski KPK telah menyerahkan berkas ke pengadilan Tipikor namun sidang praperadilan Setya Novanto tetap berjalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Segera Panggil Dubes AS Bahas Deklarasi Yerusalem

Posted: 06 Dec 2017 09:42 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi untuk memanggil Dubes Amerika Serikat Joseph R Donovan. Hal ini menyusul Presiden Amerika Serikat Donal Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Saya juga telah memerintahkan Menlu untuk memanggil Dubes AS untuk langsung menyampaikan sikap pemerintah Indonesia," kata Jokowi di Istana Bogor Jawa Barat, Kamis (7/12/2017).

Jokowi juga mengecam keras sikap Presiden Amerika Setikat yang mengaku Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dia meminta agar AS mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

"Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan meminta As mempertimbangkan kembali keputusan tersebut," ujar dia.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu waktu Washington secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keputusannya tersebut bertentangan dengan kebijakan luar negeri AS yang telah berjalan selama tujuh dekade.

Pengumuman Trump sekaligus menandai langkah awal pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Hari ini, akhirnya kita mengakui hal yang jelas bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel. Ini tidak lebih dari sekadar pengakuan akan realitas. Ini juga hal yang tepat untuk dilakukan. Ini hal yang harus dilakukan," ujar Trump saat berpidato di Diplomatic Reception Room, Gedung Putih, seperti dikutip dari nytimes.com, Kamis 7 Desember 2017.

 

Selama tujuh dekade, AS bersama dengan hampir seluruh negara lainnya di dunia, menolak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sejak negara itu mendeklarasikan pendiriannya pada 1948.

Sementara, menurut Trump, kebijakan penolakan tersebut membawa seluruh pihak "tidak mendekati kesepakatan damai antara Israel-Palestina".

"Akan menjadi kebodohan untuk mengasumsikan bahwa mengulang formula yang sama persis sekarang akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda atau lebih baik," ungkap Presiden ke-45 AS tersebut.

Pengakuan terhadap Yerusalem, menurut Trump, adalah "sebuah langkah terlambat untuk memajukan proses perdamaian".

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Yang Membuat Ashanty Ingin Cerai dari Anang?

Posted: 06 Dec 2017 09:40 PM PST

Bahtera rumah tangga yang dibina Anang Hermansyah dan Ashanty nampak harmonis dan sangat bahagia. Namun, siapa sangka bila awal pernikahan, mereka sempat menghadapi problematika yang cukup besar.

Usai dinikahi oleh Anang, Ashanty merasa terkejut dengan fase hidup yang baru. Saking beratnya beradaptasi dengan kehidupan pascamenikah, Ashanty sempat menyerah dan ingin bercerai dari Anang Hermansyah.

Ashanty dan Anang Hermansyah (Instagram/@ashanty_ash)

"Jadi di tahun pertama aku nikah tiba-tiba harus hidup ini itu, banyak shocknya. Pak Patria tuh pengacara kantor kita. Aku kenal dia karena kasus aku mau pisah sama Mas Anang. Aku minta maaf sama anak-anak, sama Aurel ama Jiel," kata Ashanty di kawasan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

Demi menenangkan diri karena diselimuti perasaan kalut, Ashanty akhirnya pulang ke rumah orangtuanya. Ia meninggalkan Anang Hermansyah dan kedua anaknya.

"Terus aku kabur, dua minggu pulang ke rumah Mama. Tapi habis itu hamil. Eh enggak lama keguguran. Dan ngerasa ini pertanda. Keguguran, memang enggak bisa. Terus Pak Patria datang, Mas Anang datang, Aurel dan Azriel datang. Jiel shock banget pada saat itu aku mau pisah," paparnya.

 

Tidak hanya bertemu, Ashanty dan Anang pun sempat berfoto dengan orang nomor satu di Indonesia saat ini. Pasangan suami istri ini begitu bahagia bisa berjumpa dengan Bapak Jokowi. (Instagram/Ashanty_ash)

Tak hanya Ashanty, keputusan untuk berpisah juga membuat anak-anaknya diliputi kesedihan mendalam. "Pengaruh lagi hamil ya, dari situ aku jadi trauma. Ternyata anak-anak juga terguncang jiwanya, Jiel apalagi," terang ibu empat anak itu.

Pada akhirnya ia merasa bersyukur karena badai itu berhasil dilewati. Setelah kejadian itu, hubungan Ashanty dan Anang Hermansyah membaik. Keduanya bahkan sangat jarang bertengkar.

"Sampai detik ini aku berantem sama Mas Anang itu satu tahun sekali dan paling itu masalah sepele. Habis itu ngobrol dan baikan. Dari tahun pertama sampai sekarang enggak ada masalah, alhamdulillah karena kita sudah melewati yang parah banget. Shock kan kaget serumah dengan watak gini, gitu, dan itu sudah lewat," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Menang 7-0, Klopp: Bukan Pertandingan Mudah

Posted: 06 Dec 2017 09:40 PM PST

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku bahagia dengan pesta gol timnya ke gawang Spartak Moscow. Namun demikian, menurut Klopp, laga itu tidak berjalan mudah bagi The Reds.

Liverpool memastikan diri lolos ke perdelapan final setelah meraih kemenangan 7-0 atas Spartak Moscow matchday terakhir Grup E Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (7/12/2017) dinihari WIB.

Tuan rumah langsung unggul 3-0 di babak pertama. Philippe Coutinho mencetak dua gol di menit keempat dan 15, ditambah satu gol Roberto Firmino di menit ke 19.

Di babak kedua, empat gol tambahan didapat Liverpool. Empat gol itu dicetak Sadio Mane pada menit ke-47 dan 76, Coutinho (50'), serta Mohamed Salah (86').

 

 

Pemain Liverpool, Sadio Mane bersama rekan setimnya merayakan gol ke gawang Spartak Moscow pada matchday terakhir Grup E Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (7/12). (AP/Rui Vieira)

"Tidak, ini tidak mudah. Dengan asisten saya, saya duduk di luar saat kedudukan 6-0 dan kami saling memandang dan berpikir, 'Wow, bagaimana itu bisa terjadi?'" kata Klopp seperti dilansir Soccerway.

"Saya tidak melihat banyak tim kalah 0-7, tapi bahkan saat tertinggal tiga, empat atau lima gol, CSKA masih bermain sepak bola. Mereka masih memiliki momen mereka, mereka masih memiliki situasi untuk mencetak gol."

"Kami harus bermain persis dengan level yang kami mainkan malam ini untuk mengalahkan mereka dan karena perkembangan permainan, ini adalah hasil yang bagus," Klopp menambahkan.

Hasil positif itu membuat Liverpool mendulang 12 poin dan mengklaim peringkat pertama di klasemen akhir Grup E. Mereka ditemani Sevilla yang menghuni urutan kedua dengan delapan angka.

Adapun Spartak Moscow terdepak ke Liga Europa karena mendulang enam poin di urutan ketiga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akankah Setya Novanto Jadi Justice Collaborator Kasus E-KTP?

Posted: 06 Dec 2017 09:33 PM PST

Terdakwa kasus e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Permintaan Andi dikabulkan oleh KPK pada September 2017.

Sejak saat itu, Andi berjanji bekerja sama dengan KPK dalam membongkar kasus yang disinyalir merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. 

Pada sidang dengan pemeriksaan terdakwa pada Kamis, 30 November 2017, Andi yang biasanya bungkam mengungkap peran-peran sejumlah pihak. Yang mencengangkan adalah terbukanya Andi akan peran Ketua DPR Setya Novanto.

Dengan begitu, seluruh terdakwa perkara e-KTP sudah bekerja sama dengan KPK dalam membongkar kasus dengan nilai proyek Rp 5,9 triliun. Sebelumnya, dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto juga sudah mengajukan diri sebagai JC.

"Hingga saat ini seluruh terdakwa kasus e-KTP yang diajukan ke persidangan telah mengajukan diri sebagai JC dan mengakui perbuatannya. Bahkan, dua di antaranya telah mengembalikan uang ke KPK," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Berdasarkan data dan informasi yang diterima oleh Liputan6.com, Irman telah mengembalikan Rp 3,050 miliar, USD 223,880, dan USD 76,119 ke rekening KPK. Sementara Sugiharto mengembalikan Rp 270 juta.

Pada sidang sebelumnya, Andi Narogong pun berjanji mengembalikan uang kepada KPK sebesar USD 2,5 juta. Andi mengaku uang tersebut merupakan keuntungan dari mengarap proyek e-KTP.

Andi hari ini direncanakan menghadapi tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK. Andi yang sempat disebut sebagai salah satu aktor bancakan proyek ini telah sepakat dan bekerja sama dengan KPK. Lalu, bagaimana dengan Setya Novanto?

Berkas perkara Ketua Umum nonaktif Partai Golkar itu sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, pada Rabu, 6 Desember 2017. Dengan begitu, tak lama lagi jadwal sidang perdana atau pembacaan dakwaan terhadap Setya Novanto akan digelar.

Apakah Setya Novanto akan mengajukan diri sebagai JC atau tetap pada prinsipnya yang mengklaim tidak terlibat sama sekali dalam perkara ini?

"Kami ingatkan juga bahwa jika posisi JC dikabulkan hingga di pengadilan, maka nantinya hal tersebut akan menguntungkan terdakwa, karena dapat menjadi pertimbangan yang meringankan dan mendapatkan hak jika diputus bersalah seperti mendapat remisi dan pembebasan bersyarat sesuai aturan yang berlaku," kata Febri.

"Bagi penanganan perkara pokok, hal ini juga bagus karena dapat membongkar pelaku yang lebih besar," ucap dia.

 

Kukuhnya Setya Novanto merasa tak terlibat bisa membuat hukuman baginya lebih tinggi. Apalagi, selama ini Setya Novanto disebut tidak kooperatif kepada KPK. Berkali-kali dia mangkir dengan berbagai alasan. Terlebih, KPK sempat mengeluarkan surat daftar pencarian orang (DPO) untuk Setya Novanto.

"Untuk hal yang meringankan dan memberatkan itu nanti kita lihat dan pertimbangan setelah akan mengajukan tuntutan. Jadi, jaksa akan mengajukan itu dan nanti hakim juga akan mempertimbangkan. Tapi tentu apa yang terjadi ketika yang bersangkutan masuk di DPO dari surat KPK, kita panggil beberapa kali tidak datang, tentu itu akan menjadi salah satu poin dalam penanganan perkara ini," kata Febri.

"Nah, apakah itu masuk nanti di faktor yang memberatkan, nanti kita pertimbangkan setelah proses pembuktian selesai," Febri mengakhiri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Saat Warga Palestina Menyaksikan Donald Trump Umumkan Ibu Kota Israel

Posted: 06 Dec 2017 09:32 PM PST

Seorang warga Palestina menyaksikan pidato Presiden AS, Donald Trump dari televisi saat mengumumkan bahwa AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel di sebuah kafe di kota Ramallah (6/12). (AFP Photo/Abbas Momani)

Seorang warga Palestina menyaksikan pidato Presiden AS, Donald Trump dari televisi saat mengumumkan bahwa AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel di sebuah kafe di kota Ramallah (6/12). (AFP Photo/Abbas Momani)

Warga Palestina berada di kafe di kota Ramallah di Tepi Barat saat sebuah siaran televisi menayangkan pidato Presiden AS, Donald Trump mengumumkan AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel (6/12). (AFP Photo/Abbas Momani)

Warga Palestina berada di kafe di kota Ramallah di Tepi Barat saat sebuah siaran televisi menayangkan pidato Presiden AS, Donald Trump mengumumkan AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel (6/12). (AFP Photo/Abbas Momani)

Warga Palestina menonton pidato Presiden AS, Donald Trump di sebuah kafe di Yerusalem (6/12). Donald Trump rencananya juga akan mulai memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Warga Palestina menonton pidato Presiden AS, Donald Trump di sebuah kafe di Yerusalem (6/12). Donald Trump rencananya juga akan mulai memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Warga Palestina berada di kafe di kota Ramallah di Tepi Barat saat sebuah siaran televisi menayangkan pidato Presiden AS, Donald Trump mengumumkan AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel (6/12). (AFP Photo/Abbas Momani)

Warga Palestina berada di kafe di kota Ramallah di Tepi Barat saat sebuah siaran televisi menayangkan pidato Presiden AS, Donald Trump mengumumkan AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel (6/12). (AFP Photo/Abbas Momani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Menyesal Setelah Jalani 30 Kali Operasi Plastik

Posted: 06 Dec 2017 09:31 PM PST

Meski baru berusia 22 tahun, Berry Ng, seorang vlogger dari Hong Kong telah menjalani lebih dari 30 prosedur operasi plastik demi kekasihnya. Operasi itu ia mulai lima tahun lalu saat masih berkencan dengan pria tersebut.

Menurut Ng, saat berbicara dalam sebuah video tentang alasannya menjalani operasi plastik, ia menceritakan bagaimana ia iri pada supermodel dan bagaimana pacarnya terus mengkritik penampilannya. Semuanya terasa makin buruk saat sang kekasih membandingkannya dengan wanita lain.

Pengalaman tersebut yang ditambah perasaan tidak percaya diri, telah mendorong Ng ke keputusan bahwa dia perlu menjalani operasi plastik. Pada saat itu, ia menghabiskan 137 dolar atau sekitar Rp 1 juta untuk tiga suntikan. Percobaan pertamanya itu mendorongnya untuk melakukan prosedur lain seharga 40 juta.

Menurut China Press, seperti diterjemahkan oleh Stomp, wanita itu kemudian terus melakukan pencarian untuk kecantikan yang sempurna. Obsesinya membuat ia kecanduan operasi plastik, di mana ia menghabiskan banyak uang untuk tujuannya itu.

Ia menjalani prosedur kosmetik di kening, mata, pipi, hidung, dan dagu dengan harapan pacarnya akan memujinya. Saat usianya 21 tahun, Ng sudah menjalani 30 operasi plastik.

"Pada saat itu, jika dia menghentikan saya dan mengatakan bahwa saya cantik, saya akan berhenti. Tapi ternyata tidak," akunya.

Usahanya ternyata tak berarti di mata sang kekasih. Pria itu tak mengatakan apa pun setelah semua operasi yang Ng jalani. Malah, pacarnya masih saja mengkritik, khususnya payudara Ng.

Wanita itu akhirnya berhenti dari obsesinya saat melihat ibunya menangis ketika mengunjunginya setelah operasi pembesaran payudara. Pada saat itu, Ng menyadari kalau ia harus melakukan sesuatu. Wanita itu pun memilih putus dengan pacarnya dan berhenti melakukan operasi plastik.

Saat berbicara dengan media, Ng mengatakan bahwa banyak wanita lainnya yang berada dalam hubungan yang sama seperti yang ia derita. Pasangan mereka selalu berusaha mencari kesalahan di dirinya.

Saat ditanya apakah ia lebih memilih penampilannya sekarang atau yang dulu, ia hanya tertawa dan mengatakan ingin kembali seperti dirinya yang dulu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditagih Sisa Hak Komersial Klub Liga 1, PSSI: Uangnya Belum Ada

Posted: 06 Dec 2017 09:30 PM PST

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi memastikan hak subsidi komersial klub-klub Liga 1 terbayar secepatnya. Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru saat ini sedang menunggu pencairan dana dari pihak sponsor.

Diketahui, sebelum Liga 1 bergulir, setiap tim mendapat subsidi komersial sebesar Rp 7,5 miliar dari PT LIB. Dana ini digunakan untuk membantu biaya operasional selama berkompetisi.

Namun, suntikan dana tersebut belum sepenuhnya terpenuhi. PT LIB masih menunggak dana kontribusi komersial sebesar Rp 1,5 miliar kepada masing-masing klub.

"Ini yang sedang dikejar. Ya harus dibayar karena utang kan dibawa mati. Percayalah klub akan dibayar secepatnya begitu ada duit. Persoalannya, duit itu belum ada," kata Edy dalam jumpa pers di Makostrad, Rabu (5/12/2017).

"Nanti sponsornya malah marah tak dibayar-bayar pula. Yang jelas begitu ada duit kita bayar segera. Doakan ya," ucap Edy.

Akibatnya subsidi yang mandek, Arema FC sempat kesulitan melunasi gaji timnya hingga satu bulan lebih. Sementara Persija Jakarta masih pikir-pikir untuk ikut dalam Piala Presiden jika menggunakan operator kompetisi Liga 1 musim lalu.

Direktur Utama Persija Gede Widiade mengaku akan mempersiapkan skuat Persija jika Piala Presiden akan digelar lagi. Namun dia memberi syarat pada panitia penyelenggara turnamen pramusim.

"Kalau EO Piala Presiden tetap yang lama, kami sangat siap. Tapi kalau sama dengan liga kemarin, lunasi dulu miliaran rupiah hak milik klub-klub ini," tutur Gede.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Longsor di Garut, Jalur Kereta Dialihkan

Posted: 06 Dec 2017 09:30 PM PST

Musibah longsor yang terjadi dini hari tadi, kembali memutus jalur kereta Jawa Barat (Jabar) Selatan. Ratusan penumpang kereta api akhirnya dialihkan menggunakan bus.

Juru bicara PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, hujan deras yang menguyur wilayah Malangbong, kabupaten Garut, Jawa Barat sejak kemarin, kembali menimbulkan musibah longsor di KM 227 + 4/5 antara Stasiun Warung Bandrek dan Stasiun Bumiwaluya.

"Akhirnya kami segera mengambil tindakan larangan melintas pada jalur tersebut," ujarnya, Kamis (7/12/2017).

Prediksi sementara musibah longsor di perlintasan kereta itu terjadi Kamis, sekitar pukul 02.00 WIB. Bantalan batu yang berfungsi menjadi pijakan rel, hanyut sehingga rel menjadi rawan dan tidak layak dilintasi.

Akibat kondisi itu ujar dia, terjadi penumpukan penumpang di Stasiun Rajapolah hingga pukul 04.00 dini hari tadi. "Sekarang penumpang sudah mulai dialihkan menggunakan bus," ujarnya.

Selain itu, akibat musibah longsor tersebut pola operasi kereta api mengalami perubahan dengan memutar dan overstaapen, yakni menggunakan bus pengumpan untuk melanjutkan menggunakan kereta api. "Kami mohon maaf atas keterlambatan yang terjadi," kata Joni.

 

Jalur Kereta Api (KA) Jawa Barat (Jabar) Selatan Longsor. (Liputan6.com/ Jayadi Supriadin)

Beberapa kereta yang memutar arah merupakan rangkaian yang tertahan dari arah timur menuju Bandung yaitu KA Mutiara Selatan tujuan Malang – Surabaya – Bandung, KA Malabar tujuan Malang – Bandung, KA Turangga tujuan Surabaya – Bandung, dan KA Lodaya tujuan Solobalapan – Yogyakarta – Bandung.

"Kami sudah berikan pilihan kepada penumpang, apakah tetap di dalam kereta namun jalurnya memutar atau menggunakan bus menuju Bandung," ujar dia menawarkan pilihan.

Untuk memfasilitasi perpindahan moda, lembaganya telah menyediakan 30 bus di beberapa stasiun. Rinciannya sembilan armada bus di Stasiun Tasikmalaya untuk mengangkut penumpang KA Turangga dan KA Lodaya menuju Bandung.

Serta 11 bus dari Stasiun Ciawi untuk mengangkut penumpang KA Kahuripan menuju Bandung. Sementara untuk KA Serayu tujuan Pasar Senen - Kiaracondong – Purwokerto dan Purwokerto – Kiaracondong – Pasar Senen penumpang bisa melanjutkan perjalanan via Stasiun Cibatu. "Kami sediakan 10 bus," ujarnya.

Khusus KA Serayu ini, lanjut Joni, penumpang dari kedua arah bertukar kereta untuk melanjutkan perjalanan menuju tujuan. Dengan mekanisme, penumpang dari arah Bandung menggunakan bus dari Stasiun Cibatu menuju Stasiun Cipeundeuy untuk naik kereta.

Sedangkan, penumpang dari arah Purwokerto, mereka menggunakan bus dari Stasiun Cipeundeuy menuju Stasiun Cibatu untuk kemudian melanjutkan perjalanan penuju Bandung dengan tujuan akhir Pasar Senen. "Kami sudah siapkan seluruh armada di Stasiun Cibatu," kata dia.

Sedangkan untuk keberangkatan kereta lodaya pagi jurusan Bandung - Jogjakarta - Solo pukul 07.20 Kamis pagi tadi, penumpang dari Stasiun Bandung dan Kiara Condong difasilitasi menggunakan bus untuk diantar ke stasiun Tasikmalaya. "Selanjutnya dari Stasiun Tasikmalaya menggunakan kereta api yang telah disediakan di sana," Joni menjelaskan.

 

Jalur Kereta Api (KA) Jawa Barat (Jabar) Selatan Longsor. (Liputan6.com/ Jayadi Supriadin)

Untuk lokasi longsor, tim dari Daop 2 terus melakukan perbaikan dengan harapan jalur kereta dapat segera digunakan. "Sekali kagi kami sampaikan permohonan maaf atas kondisi ini dan berharap akan segera teratasi," kata dia.

Sebelumnya, rute selatan kereta api Bandung-Tasikmalaya-Jawa Tengah sempat terhenti karena adanya longsoran tanah yang menutup rel di kawasan Stasiun Cipeundeuy, Rabu, 22 November 2017, bulan lalu.

Bahkan, sejak dilakukan pendataan, terdapat delapan titik perlintasan yang berada di Kampung Ciherang dan Kampung Cidahu, Desa Haur Kuning, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, ikut tertimbun material longsor dari tebing yang berada di samping perlintasan.

"Yang paling parah berada di KM 231+01 sepanjang 100 meter dengan kondisi ketebalan 7 meter dan 232+89 sepanjang 50 meter ketebalan 3 meter," ujarnya.

Sulitnya akses kendaraan menuju perlintasan kereta api dari Cipendeuy sampai Bumiwaluya, menyebabkan upaya pembersihan material longsor dilakukan secara manual petugas Daop 2 Bandung dengan bantuan masyarakat sekitar.

"Penanganan masih terus dilakukan oleh 200 orang bantuan dari masyarakat sekitar, kami melihat material longsoran yang menimbun perlintasan tersebut disebabkan tanah labil," tuturnya.

Sementara untuk melayani penumpang, perjalanan kereta jalur selatan terpaksa dialihkan ke jalur utara melalui rute Purwakarta, Cikampek, Cirebon, Purwokerto dan Kroya dengan cara memutar dan kembali lagi ke jalur selatan.

Namun, berkat kesigapan petugas dan masyarakat yang membantu, musibah longsor yang menutup bantalan rel petak jalan Bumi Waluya - Cipendeuy (lokasi longsoran) Rabu malam lalu, akhirnya selesai diperbaiki dan dinyatakan aman untuk dilewati kereta mulai Jumat, pukul 02.35 dini hari.

"Kereta pertama yang melewati lokasi adalah KA malabar (KA 92) pada jam 03.23 WIB," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erupsi Gunung Agung, Kurangi 1 Juta Kunjungan Wisman ke RI

Posted: 06 Dec 2017 09:30 PM PST

Target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia diperkirakan tidak tercapai tahun ini. Hal ini dipengaruhi erupsi Gunung Agung di Bali.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerangkan, target wisman untuk tahun 2017 sebanyak 15 juta wisman. Dengan erupsi ini, maka diperkirakan jumlah kunjungan terpangkas 1 juta wisman.

"Tahun ini 15 juta (wisman) mengingat kejadian meletus erupsi Gunung Agung shortage 1 juta, jadi 14 juta atau 95 persen," kata dia di kawasan SCBD Sudirman Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Dia mengatakan, kunjungan wisman ke Indonesia saat ini 15 ribu per hari dan terus naik. Bahkan, di bulan Agustus sudah mencapai 20 ribu per hari.

Menurut Arief, seharusnya kunjungan di bulan Desember bisa mencapai 25 ribu. "Jadi kalau per hari 15 ribu, tapi mulai Agustus 20 ribu. Desember harusnya 25 ribu per hari karena sebulan itu bisa 750 ribu," ujar dia.

Namun, jumlah kunjungan yang harusnya melesat di akhir tahun diperkirakan tak sesuai harapan. "Sayangnya yang harusnya panen," tambah dia.

Arief menuturkan, kondisi ini berpengaruh juga pada penerimaan devisa dalam negeri. Seharusnya, dengan 15 juta wisman devisa yang masuk mencapai US$ 18 miliar.

"Devisa gampang hitungnya, satu orang US$ 1.200 kalau seandainya tercapai 15 juta wisman US$ 18 miliar. Tapi sekarang kurang, hanya US$ 13,8 miliar atau hampir US$ 14 miliar," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Letusan Gunung Agung, Bali membawa dampak besar terhadap pariwisata di Pulau Dewata, termasuk di daerah Tabanan yang terkenal dengan obyek wisata terkenal Tanah Lot.

Terjadi penurunan kunjungan hampir 30 persen ke Tanah Lot terimbas penutupan Bandara Ngurah Rai, pembatalan ratusan jadwal penerbangan ke Bali.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti menyampaikan hal itu usai Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) periode 2018.

"Pariwisata di Tabanan, terutama Tanah Lot pasti terganggu karena Gunung Agung masih awas dan kami tetap waspada," ujar dia di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Dia menyebut, jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara (wisman) ke Tabanan mencapai 4,5 juta orang per tahun. Sementara yang plesiran ke Tanah Lot hampir 4 juta orang. Dari jumlah tersebut, 75 persen merupakan wisatawan nusantara dan 25 persen sisanya turis dari berbagai negara.

"Sebenarnya kondisi pariwisata di Bali baik-baik saja, tergantung pribadi masing-masing menyikapinya. Beberapa penerbangan mencari aman, membatalkan penerbangan. Ada penurunan kunjungan wisatawan, karena yang tadinya mau berangkat sekarang ditunda dulu mungkin bulan depan," jelas Eka.

Dia mengatakan, terjadi penurunan kunjungan wisatawan hampir 30 persen ke Tanah Lot, Tabanan. Jika setiap tahun, pendapatan dari pariwisata di Tanah Lot mencapai Rp 140 miliar per tahun, maka dengan penurunan 30 persen, berarti kerugian pemerintah sekitar Rp 42 miliar.

"Kerugiannya tinggal potong saja dari pendapatan wisata di Tanah Lot Rp 140 miliar per tahun, kurangi 30 persen penurunan kunjungan ke Tanah Lot, ya segitu kerugiannya," Eka menerangkan.

Namun demikian, Eka mengaku pasrah mengingat letusan Gunung Agung merupakan bencana alam yang datang dari Tuhan. Pemerintah Kabupaten Tabanan sudah mengantisipasi jika aktivitas Gunung Agung kembali meningkat.

"Namanya siklum alam. Yang harus kita harus pikirkan bagaimana stok pangan cukup, menyiapkan barak pengungsian, memikirkan kesehatan para pengungsi dan kami sudah siap dengan beberapa posko," ujar Eka.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamas: Pengakuan atas Yerusalem 'Membuka Gerbang Neraka'

Posted: 06 Dec 2017 09:30 PM PST

Pengakuan resmi Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel mengundang reaksi keras dari berbagai pihak di penjuru dunia, termasuk faksi Hamas di Palestina.

Hamas mengatakan bahwa pengakuan Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan keputusannya untuk memindahkan Kedubes AS telah "membuka gerbang neraka". Demikian seperti dikutip dari independent.co.uk pada Kamis (7/12/2017).

"Keputusan Trump tentang Yerusalem tidak akan berhasil mengubah fakta bahwa Yerusalem adalah tanah muslim Arab," kata otoritas Hamas.

"Pemuda dan gerakan perlawanan Palestina di Tepi Barat harus merespons dengan segala cara yang tersedia atas keputusan AS yang merugikan Yerusalem kita," imbuh pernyataan tersebut.

Lebih lanjut, Hamas menyebut kebijakan Trump soal Yerusalem yang merupakan kota suci bagi tiga agama, Yahudi, Islam dan Kristen sebagai "garis merah".

Pernyataan itu tegas menyebutkan, "Resistensi tidak akan membiarkan penodaan itu".

Hamas menekankan bahwa "keputusan Trump nekat dan waktu akan membuktikan bahwa Trump dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu adalah pecundang".

Keputusan Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel "bertentangan" dengan kebijakan luar negeri AS yang telah berjalan selama tujuh dekade.

Di lain sisi, pengumuman Trump sekaligus menandai langkah awal pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Hari ini, akhirnya kita mengakui hal yang jelas: bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel. Ini tidak lebih dari sekadar pengakuan akan realitas. Ini juga hal yang tepat untuk dilakukan. Ini hal yang harus dilakukan," ujar Trump saat berpidato di Diplomatic Reception Room, Gedung Putih

Selama tujuh dekade, AS bersama dengan hampir seluruh negara lainnya di dunia, menolak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sejak negara itu mendeklarasikan pendiriannya pada 1948. Sementara, menurut Trump, kebijakan penolakan tersebut membawa seluruh pihak "tidak mendekati kesepakatan damai antara Israel-Palestina".

"Akan menjadi kebodohan untuk mengasumsikan bahwa mengulang formula yang sama persis sekarang akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda atau lebih baik," ungkap Presiden ke-45 AS tersebut.

Pengakuan terhadap Yerusalem, menurut Trump, adalah "sebuah langkah terlambat untuk memajukan proses perdamaian".

Dua pria Palestina menonton pidato Presiden AS, Donald Trump di sebuah kafe di Yerusalem (6/12). Donald Trump secara resmi mengumumkan bahwa AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

PM Benjamin Netanyahu, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump karena secara resmi telah mengakui Yerusalem sebagai ibu kota negaranya.

Didampingi Wakil Presiden Mike Pence, Trump mengumumkan pengakuan atas Yerusalem tersebut di Diplomatic Reception Room, Gedung Putih, pada Rabu waktu Washington.

"Terima kasih Presiden Trump atas keputusan bersejarah hari ini untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Umat dan negara Yahudi akan selalu mensyukurinya," ungkap PM Netanyahu seperti dikutip dari independent.co.uk.

"Langkah ini mencerminkan komitmen Presiden (Trump) atas sebuah kebenaran kuno namun abadi, untuk memenuhi janjinya dan untuk memajukan perdamaian."

"Tidak ada perdamaian yang tidak memasukkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel," tegas Netanyahu.

Pernyataan serupa diungkapkan oleh Menteri Pendidikan Israel Naftali Bennett. Ia mengucap terima kasih kepada Presiden Trump dan menyebut hari di mana Trump mengumumkan keputusannya sebagai "hari yang cerah".

Dukungan atas kebijakan Trump soal Yerusalem juga datang dari Senator asal Partai Republik AS Lindsey Graham.

"Saya sepenuhnya mendukung keputusan pemerintahan Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel karena pernyataan itu mencerminkan kenyataan di lapangan selama 3.000 tahun terakhir," twit Graham.

Ketua DPR AS Paul Ryan pun menyuarakan sokongannya atas keputusan Trump. Ia menyebut Yerusalem sebagai "ibu kota negara abadi dan tak dapat dibagi".

Israel menduduki Yerusalem Timur sejak Perang 1967 dan pada 1980 Tel Aviv mencaploknya dan mengklaimnya sebagai domain eksklusif mereka. Di bawah hukum internasional, Yerusalem dianggap sebagai wilayah yang diduduki.

Versi Israel, Yerusalem yang merupakan kota suci tiga agama, Yahudi, Islam dan Kristen adalah ibu kota abadi dan tak dapat dibagi. Sementara, Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan.

Selama kampanye Pilpres AS tahun lalu, Trump menyatakan dukungan kuatnya bagi Israel. Pada hari pertamanya di Gedung Putih, Trump berjanji akan memerintahkan relokasi Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem -- bentuk teknis atas pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Ramalan Rumah Tangga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Posted: 06 Dec 2017 09:30 PM PST

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, telah menjalin biduk rumah tangga selama tiga tahun. Hampir dua tahun Raffi diterpa gosip tak sedap.

Namun selama itu pula, Nagita Slavina tak pernah menggubris gosip mengenai perselingkuhan Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting.

 Raffi Ahmad peluk mesra Nagita Slavina (Foto: Instagram)

Dalam acara variety show yang dimainkan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, hadir bintang tamu yang meramal rumah tangga pasangan selebritis ini melalui tanggal lahir.

Dia menyatukan angka satu dan tujuh, menjadi delapan yang menandakan keberuntungan bagi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Rekaman ini pun diunggah kembali di akun Instagram gosip @komentatorpedas.

"Saya melihat di sini ada kecocokan satu sama lain. Dan saya melihat Gigi (Nagita Slavina), kamu adalah orang yang sabar, sayang sama suami, baik hati, mengayomi. Aku melihat jiwa yang sangat hangat," ujar si peramal.

 

 

Raffi Ahmad-Nagita Slavina di acara lamaran Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda. (Instagram/raffinagita1717)

Dikatakan si peramal, Nagita Slavina memiliki aura kedamaian yang besar. Bukan hanya untuk Raffi Ahmad saja tapi juga bagi semua orang.

"Cinta Gigi dalam sekali, lebih dalam dari Samudera Hindia. Saya berharap Raffi jangan menyia-nyiakan wanita seperti ini," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Difteri Meningkat, Ini Alasan Perlu Ada Imunisasi Ulang

Posted: 06 Dec 2017 09:30 PM PST

Difteri merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menular. Hal tersebut yang menjadi dasar Kementerian Kesehatan RI berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan bakal melakukan ORI (Outbreak Response Immunization) atau pemberian imunisasi ulang secara massal kepada wilayah yang terdapat kasus difteri.

Beberapa kabupaten/kota yang melaporkan KLB (Kejadian Luar Biasa) difteri pada Kemenkes RI. Dan di sebagian kabupaten/kota tersebut, KLB sudah tertangani dengan baik. 

Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Mohamad Subuh, tingkat penularan difteri sangat tinggi. Penularan bakteri penyebab difteri bisa lewat percikan ludah saat bersin atau batuk. Faktor inilah yang membuat Subuh menenekankan pentingnya melakukan ORI.

Kemenkes RI sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Hasilnya, tiga provinsi ini bakal melakukan ORI.

"ORI dilakukan tiga putaran. Jarak pemberian putaran pertama dan kedua adalah satu bulan, sedangkan jarak antara putaran kedua dan ketiga adalah 6 bulan. Putaran pertama dilaksanakan pada 11 Desember 2017, dilanjutkan pada 11 Januari dan 11 Juli 2018," tegas Subuh terkait ORI difteri

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Untuk saat ini, ORI bakal dilakukan di 12 kabupaten/kota. ORI di DKI Jakarta akan dilakukan di Jakarta Utara dengan target 512.208 orang dan Jakarta Barat dengan target 722.202 orang.

Sementara itu di Jawa Barat akan dilakukan di Purwakarta dengan target 310.150 orang, Karawang 713.087 orang, Kota Depok 668.835 orang, Kota Bekasi 836.660 orang, dan Kabupaten Bekasi 1.100.446 orang.

Selain itu, di Banten akan dilakukan di Kota Tangerang dengan target 618.509 orang, Kabupaten Tangerang 1.189.124 orang, Kabupaten Serang 526.270 orang, Kota Serang 238.491 orang, dan Kota Tangerang Selatan 478.594 orang. Imunisasi itu akan diberikan untuk usia 1 sampai kurang dari 19 tahun.

"Seluruh Kepala Dinas Kesehatan menyatakan siap melaksanakan ORI 3 putaran dan kami siapkan logistiknya," kata Subuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemuda Muhammadiyah: Donald Trump Provokasi Lahirkan Radikalisme

Posted: 06 Dec 2017 09:26 PM PST

Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo yang menyampaikan protes keras terhadap Amerika Serikat karena memutuskan mendirikan Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Hal ini, menurut Ketua Umum Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak justru bisa berdampak pada stabilitas dunia dan meningkatkan eskalasi konflik di Palestina-Israel. Bahkan mendorong konflik lebih besar di Timur Tengah.

"Bagi kami, apa yang dilakukan oleh AS adalah provokasi untuk melahirkan konflik, terorisme, radikalisme yang lebih besar di Timur Tengah," ujar Dahnil di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Tindakan Donald Trump, kata Dahnil, menunjukkan bahwa AS sama sekali tak berkomitmen untuk menjaga perdamaian dunia. Justru, kata dia, menjadi produsen provokasi konflik di Timur Tengah, bahkan belahan dunia lainnya melalui tindakan mendirikan kedutaan besar di Yerusalem.

"Terang Amerika Serikat saat ini tidak merawat komitmen perdamaian dunia, bahkan justru terus menjadi provokator konflik-konflik lebih besar terjadi, tindakan AS tersebut memperkuat asumsi bahwa Amerika Serikatlah sesungguhnya produsen radikalisme dan terorisme," kata dia.

Oleh sebab itu, dengan posisi diplomasi Indonesia yang relatif bisa diterima oleh banyak negara, penting untuk Indonesia menghimpun kekuatan dunia mendesak AS menghentikan tindakan bodoh yang bisa mengakibatkan konflik Israel-Palestina lebih besar.

"Memprovokasi konflik meluas di Timur Tengah bahkan di negara-negara lain karena sentimen Palestina vs Israel, yang kemudian bisa memprovokasi lahirnya tindakan-tindakan radikalis dibanyak tempat," tandas Dahnil.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu waktu Washington secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keputusannya tersebut "bertentangan" dengan kebijakan luar negeri AS yang telah berjalan selama tujuh dekade.

Pengumuman Trump sekaligus menandai langkah awal pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Hari ini, akhirnya kita mengakui hal yang jelas: bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel. Ini tidak lebih dari sekadar pengakuan akan realitas. Ini juga hal yang tepat untuk dilakukan. Ini hal yang harus dilakukan," ujar Trump saat berpidato di Diplomatic Reception Room, Gedung Putih, seperti dimuat dalam New York Times.

Selama tujuh dekade, AS bersama dengan hampir seluruh negara lainnya di dunia menolak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sejak negara itu mendeklarasikan pendiriannya pada 1948. Sementara, menurut Trump, kebijakan penolakan tersebut membawa seluruh pihak "tidak mendekati kesepakatan damai antara Israel-Palestina".

"Akan menjadi kebodohan untuk mengasumsikan bahwa mengulang formula yang sama persis sekarang akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda atau lebih baik," ungkap Presiden ke-45 AS tersebut.

Pengakuan terhadap Yerusalem, menurut Trump, adalah "sebuah langkah terlambat untuk memajukan proses perdamaian".

Trump sebelumnya telah bersumpah akan menjadi perantara "kesepakatan akhir" antara Israel dan Palestina. Terkait hal ini, ia menegaskan bahwa dirinya tetap berkomitmen untuk melakukan hal tersebut mengingat "itu sangat penting bagi Israel dan Palestina".

Ayah lima anak itu mengatakan keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel tidak seharusnya ditafsirkan bahwa AS mengambil posisi tertentu atau bagaimana kota itu akan dibagi.

Sebagai gantinya, Trump menekankan dimensi politik dalam negeri atas keputusannya tersebut. Ia mengatakan bahwa dalam kampanye Pilpres 2016, ia telah berjanji untuk memindahkan Kedubes AS ke Yerusalem yang berarti mengakui kota itu sebagai ibu kota Israel.

Meski tidak disinggung dalam pidatonya, Trump dilaporkan akan tetap menandatangani perintah suspensi per enam bulan untuk menunda kepindahan Kedubes AS ke Yerusalem. Pejabat Gedung Putih menjelaskan bahwa hal tersebut harus dilakukan mengingat butuh waktu beberapa tahun untuk "memboyong" misi diplomatik AS ke Yerusalem.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zidane Lebih Fokus ke Sevilla Ketimbang Lawan Madrid di 16 Besar

Posted: 06 Dec 2017 09:25 PM PST

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku lebih fokus kepada Sevilla, calon lawan yang akan mereka hadapi pada ajang La Liga, ketimbang memikirkan tim yang bakal mereka temui pada fase 16 besar. 

Selain itu, Zidane juga ingin menikmati kemenangan 3-2 yang diraih timnya atas Borussia Dortmund, di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (7/12/2017) dini hari WIB.  Hasil itu tetap membuat Real Madrid menghuni peringkat kedua dengan torehan 13 poin di klasemen akhir Grup H. Mereka terpaut tiga angka dari Tottenham Hotspur yang menduduki urutan teratas.

"Saya tidak berpikir mengenai drawing dan tidak ingin membicarakannya sekarang. Kami memiliki laga berat Sabtu nanti. Saya ingin menikmati kemenangan malam ini, memulihkan kondisi para pemain, dan mulai berpikir mengenai laga melawan Sevilla," kata Zidane.

"Kami akan siap bermain di 16 besar. Real Madrid akan berkembang. Namun, kami akan menghadapi lawan yang tangguh. Ada sejumlah pihak yang mengatakan saya ingin melawan tim tertentu, tetapi kenyataanya tidak demikian," ujar Zidane.

Setelah bersua Borussia Dortmund, Real Madrid akan dihadapkan pada laga berat lainnya. Cristiano Ronaldo dan kawan kawan bakal menjamu Sevilla pada laga pekan ke-15 La Liga, di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (9/12/2017).

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Tunggu Surat DPR Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

Posted: 06 Dec 2017 09:24 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunggu hasil dari DPR terkait persetujuan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Begitu DPR melaporkan hasilnya, Hadi akan langsung dilantik Jokowi.

"Kita menunggu selesai proses semuanya di DPR," ujar Jokowi di Istana Bogor Jawa Barat, Kamis (7/12/2017).

Saat ditanya kapan tanggal pelantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, Jokowi mengaku akan menunggu proses dan surat resmi dari DPR, yang menyatakan bahwa Hadi telah disetujui sebagai Panglima TNI.

"Belum tau karena kita menunggu selesainya proses yang ada di DPR. Selesai di sana pun harus ada surat resminya yang kita terima, gitu," terang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Komisi I DPR setuju Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI menggantikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Komisi I DPR menyatakan, keputusan itu diambil setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan selama hampir enam jam.

"Setelah fit and proper test dan seluruh fraksi maka rapat pada Rabu 6 Desember 2017, Komisi I memberi persetujuan Marsekal Hadi Tjahjanto jadi panglima TNI," kata Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 6 Desember 2017.

Ia menilai, Hadi memiliki rekam jejak yang mumpuni dan memenuhi syarat serta memiliki kecakapan. Karena hal itu, Abdul Kharis menyatakan Komisi I menyetujui pemberhentian dengan hormat Gatot.

"Komisi I menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Gatot Nurmantyo," ujar dia.

Saat pemaparan visi misi di Komisi I DPR, Hadi mengatakan sebagai negara kepulauan, Indonesia bertanggungjawab atas keselamatan dan keamanan di wilayah laut. Itu termasuk pada laut-laut bebas yang berbatasan dengan wilayah yang menjadi yurisdiksi.

Kata Hadi Tjahjanto, saat ini maraknya perampokan di kawasan perbatasan Indonesia, Malaysia dan Filipina. Sehingga hal itu menjadi tanggungjawab Indonesia khususnya TNI.

Selain itu, kata dia, terdapat bentuk kejahatan lainnya yang sangat merugikan Indonesia yaitu illegal fishing dan berbagai penyelundupan barang, manusia, senjata hingga obat-onat terlarang.

 

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ismed Sofyan Tidak Gentar Persija di Grup Neraka Piala AFC

Posted: 06 Dec 2017 09:20 PM PST

Persija Jakarta bakal berkompetisi di Piala AFC musim depan. Macan Kemayoran tergabung di Grup H bersama dengan Tampine Rovers (Singapura), Johor Darul Takzim (JDT) (Malaysia), dan Song Lam Nghe An (Vietnam).

Bek kawakan Persija, Ismed Sofyan buka suara soal peluang timnya di turnamen tersebut. "Peluang 50:50. Saya pikir kualitasnya tidak jauh berbeda. Grup ini tidak sulit-sulit amat," kata Ismed saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (7/12/2017).

Persija masuk ke Piala AFC setelah finis di peringkat ke-4 klasemen Liga 1 musim 2017. Keputusan itu dikeluarkan dalam surat bernomor 3639/AGB/595/XL-2017 yang diterima Persija pada Jumat (30/11/2017).

Selain Persija, wakil Indonesia di turnamen Asia adalah Bali United, dan Madura United. Klub terakhir yang disebut bakal ikut Piala AFC, andai Bali United gagal lolos play off Liga Champions Asia.

"Disyukuri saja di tahun 2018, Persija bisa ikut turnamen di Asia," ujar Ismed.

 

Pemain Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu (2kiri) merayakan gol bersama rekan setimnya ke gawang Bhayangkara FC pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Patriot Bekasi, Sabtu (12/11/2017). Bhayangkara kalah dari Persija 1-2. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Manajer Persija Jakarta, Gede Widade mengatakan, Persija sudah mengetahui tiga klub pesaing di grup H. Menurut Gede, Persija berada di grup yang bagus.

"Ini grup bagus. Tampines Rovers kita sudah tahu, JDT Malaysia kita tahu. Cuma yang dari Vietnam saja kita belum tahu kualitasnya seperti apa," kata Gede.

Sekedar informasi, Tampines Rovers adalah runner up Liga Singapura musim lalu. Tampines finis di bawah Abirex Niigata yang masuk ke Kualifikasi Liga Champions Asia.

Berikut pembagian grup di Piala AFC:

 

Persija menempati Grup H Piala AFC 2018. (AFC)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Terlalu Seksi, Agnez Mo Bikin Penggemar Tanah Air Kecewa

Posted: 06 Dec 2017 09:20 PM PST

Nama Agnez Mo kini mulai dikenal di kancah internasional, khususnya Amerika Serikat. Setelah merilis album internasional perdananya yang berjudul X, Agnez Mo pun menjadi perhatian sejumlah media luar negeri.

Sementara itu ada netizen yang meragukan tentang putusnya hubungan Wijin dengan Agnez Mo karena Chris Brown. Hal tersebut dikarenakan Agnez Mo yang kerap berduet dengan musisi Hollywood. (instagram/chrisbrownofficial)

Namun sayangnya, ada kekecewaan sejumlah penggemar di balik prestasi membanggakan tersebut. Pakaian yang dikenakan Agnez Mo dalam ulang tahun DJ Khaled, baru-baru ini, dianggap terlalu terbuka.

Dalam sebuah foto yang diunggah dalam Instagram pribadinya, Rabu (6/12/2017), Agnez Mo tampak mengenakan bustier seksi berwarna hitam. Belahan dadanya pun terlihat jelas di kamera.

 

 

Para pengguna Instagram pun berbondong-bondong memberi tanggapan atas foto tersebut. Sebagian warganet Tanah Air menyayangkan pakaian yang dikenakan Agnez Mo.

Pasalnya, tiga orang yang berfoto bersama Agnez Mo tidak ada yang mengenakan pakaian terbuka, termasuk seorang perempuan di sampingnya. Agnez Mo lantas dianggap menodai budaya ketimuran yang seharusnya melekat dalam dirinya.

"Yg orang barat bajunya tertutup.. yg orang timur pamer dada yg turun.. miriiiz," tulis @yulisafdin.

"Adduuuhhh...mana jati diri " Indonesia mu"," sahut @omydwistyarini28.

"yg bule asli pk baju ketutup yg org indo d umbar. cantikan dlu manisan dlu Nez," sindir @dhizty_leea.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langka, Bos Apple, Xiaomi dan Google Tampil Sepanggung

Posted: 06 Dec 2017 09:20 PM PST

Apa yang terjadi jika para petinggi perusahaan teknologi besar berkumpul dalam satu panggung? Mungkin kesempatan ini tergolong langka mengingat mereka sangat jarang "bertatap muka" di depan publik.

Ya, para orang nomor satu di perusahaan teknologi ini tak lain adalah CEO Apple Tim Cook, CEO Google Sundar Pichai, dan CEO Xiaomi Lei Jun. Ketiganya menjadi tamu dalam sebuah konferensi bernama World Internet Conference di Tiongkok.

Untuk informasi, konferensi tahunan tersebut dihelat untuk mempromosikan jaringan internet Tiongkok. Uniknya, konferensi ini justru pertama kalinya didatangi jajaran eksekutif dari Silicon Valley, Amerika Serikat (AS).

Meski satu panggung, Cook nyatanya memiliki jadwal pidato yang berbeda dengan Pichai dan Jun. Cook memiliki jadwal pidato sendiri, sedangkan Pichai dan Jun memiliki jadwal diskusi panel bersama petinggi perusahaan teknologi.

Dalam pidatonya, Cook mengungkap pengembang aplikasi iOS meraup pemasukan sebesar US$ 16,9 miliar dari App Store di wilayah Tiongkok. Jumlah tersebut ditafsir sekitar seperempat dari pemasukan secara global.

"Kami rasa visi Apple sejalan dengan tema konferensi ini, yakni mengembangkan ekonomi digital demi era keterbukaan," ujar Cook, sebagaimana dilansir The Verge, Kamis (7/12/2017).

Sayangnya, Cook menilai aplikasi VPN (Virtual Private Network) justru tidak diperkenankan ada di dalam App Store iOS wilayah Tiongkok. Seperti diketahui, aplikasi VPN membantu pengguna mengakses situs web atau aplikasi lain yang sudah diblokir di Tiongkok.

CEO Google Sundar Pichai dan CEO Xiaomi Lei Jun dalam panggung World Internet Conference. (Foto: The Verge)

Beranjak ke sesi diskusi panel Pichai dan Jun, Pichai mengaku kontribusi bisnis Google nyatanya masih sangat relevan dengan Tiongkok.

Padahal, raksasa teknologi ini sudah meninggalkan Tiongkok sejak 2010 karena situs mesin pencari dan YouTube sudah diblokir.

Adapun kontribusi yang setidaknya dilakukan Google untuk Tiongkok hingga saat ini adalah membantu pertumbuhan perusahaan, unit bisnis kecil, dan menengah Tiongkok dengan beberapa produknya, termasuk Android.

"Kami sudah melakukan banyak hal. Salah satunya adalah membantu bisnis kecil dan menengah di Tiongkok dengan mendapat keuntungan membawa produknya ke negara-negara di luar Tiongkok," ujar Pichai.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS: Indonesia Harus Galang Tekanan Dunia di Isu Yerusalem

Posted: 06 Dec 2017 09:19 PM PST

Sekretaris Fraksi PKS DPR Sukamta berharap pemerintah lebih gencar menggalang opini dunia internasional. Langkah itu untuk menekan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sukamta yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS mengharapkan pemerintah RI terus melakukan upaya terobosan. Salah satunya dengan mendorong KTT Darurat OKI.

"Jika OKI bisa menghasilkan sikap secara institusional tentu akan punya daya tekan yang lebih kuat. Indonesia sangat mungkin untuk menginisiasi hal ini," kata Sukamta kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Ia menilai sejauh ini, langkah pemerintah cukup tanggap menyikapi isu Yerusalem. Hanya saja, perlu langkah-langkah yang lebih tegas.

"Kami mengapresiasi yang telah dilakukan Bu Menlu (Menteri Luar Negeri Retno Marsudi) dengan memanggil Duta Besar AS beberapa hari lalu. Ini perlu ditindaklanjuti dengan sikap yang lebih kuat," kata dia.

 

Bagi Sukamta, langkah Trump sangat berbahaya. Ia menyebutnya sebagai langkah arogan. Anggota Komisi I DPR ini menyatakan kebijakan Trump tidak hanya menyakiti hati umat Islam dan Kristiani.

Yerusalem menjadi tempat suci bagi penganut dua agama itu. Karena itu, ia mengkhawatirkan ekses yang mungkin timbul .

"Ini dapat memicu gejolak di seluruh dunia," ujar Sukamta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Belum Surut, Air Rob Masih Genangi Muara Baru

Posted: 06 Dec 2017 09:17 PM PST

Dua orang pria melintasi area SPBU yang terendam banjir rob akibat naiknya permukaan air laut di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (7/12). Banjir rob juga merendam ratusan rumah warga di Muara Baru dan Luar Batang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua orang pria melintasi area SPBU yang terendam banjir rob akibat naiknya permukaan air laut di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (7/12). Banjir rob juga merendam ratusan rumah warga di Muara Baru dan Luar Batang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebuah mobil terparkir di jalanan yang terendam banjir rob di kawasan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (7/12). Rob tinggi membuat tanggul tidak mampu menahan air laut sehingga membanjiri jalanan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebuah mobil terparkir di jalanan yang terendam banjir rob di kawasan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (7/12). Rob tinggi membuat tanggul tidak mampu menahan air laut sehingga membanjiri jalanan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara menerobos banjir rob yang diakibatkan naiknya permukaan air laut di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (7/12). Banjir rob juga merendam ratusan rumah warga di Muara Baru dan Luar Batang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara menerobos banjir rob yang diakibatkan naiknya permukaan air laut di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (7/12). Banjir rob juga merendam ratusan rumah warga di Muara Baru dan Luar Batang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Banjir rob yang diakibatkan naiknya permukaan air laut merendam jalanan di Muara Baru, kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (7/12). Rob tinggi membuat tanggul tidak mampu menahan air laut sehingga membanjiri jalanan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Banjir rob yang diakibatkan naiknya permukaan air laut merendam jalanan di Muara Baru, kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (7/12). Rob tinggi membuat tanggul tidak mampu menahan air laut sehingga membanjiri jalanan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antara Ahok - Nenek Mimi, Pengakuan Dunia dan Bui

Posted: 06 Dec 2017 09:15 PM PST

"Yang sabar-sabar ya Pak. Buat Pak Ahok supaya sehat. Salam dari Bu Siti Bunga Pak dari Blok B Nomor 210," ucap seorang nenek bernama Siti Bunga Rustanty.

Sosok Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, bagi perempuan berusia 72 tahun yang tinggal sebatang kara di petak rusun nomor 210, Blok B, Rusunawa Pekasih, Jakarta Barat ini tak akan terlupa.

Nenek yang akrab disapa Mimi tersebut terus mengucap rasa syukur atas bantuan yang diberikan Ahok setiap bulannya. Oleh karena itu, dia berharap kehidupan Ahok di balik jeruji besi diringankan.

Nenek Mimi mengaku telah bertemu Ahok empat kali. Setiap perjumpaan, ia selalu berkesempatan untuk bersalaman dengan Ahok yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ahok pun, menurut Nenek Mimi, sampai hafal dengannya.

"Sering ke sini, empat kali salaman empat kali ketemu. Kok Bu Siti Bunga lagi. Iyalah Pak biar seneng bapak ya," kata Nenek Mimi terkekeh mengingat salah satu pertemuannya dengan Ahok.

Pada Agustus 2017, kata Nenek Mimi, datang utusan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang membawa sembako. Isinya beras, minyak goreng, gula, ikan kaleng serta uang Rp 500 ribu. Santunan sembako tersebut juga tidak hanya sekali, tapi masih berlanjut setiap bulan hingga kini.

"Sembakonya setiap bulan, tiap tanggal lima. Dari Pak Ahok," jelas Nenek Mimi.

Kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, mengatakan inilah pembeda mantan Bupati Belitung Timur itu dengan Gubernur DKI yang lain.

"Kita bisa lihat ya, Ahok ini sangat humanis orangnya. Kita harus lihat caranya, kinerjanya, perspektifnya," ujar Nana kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu 6 Desember 2017.

Namun, lanjut dia, Ahok bukanlah Superman. Dia hanyalah manusia yang tak luput dari kesalahan.

"Manusia enggak sempurna. Ahok itu orangnya blak-blakan. Tapi di luar itu, apa yang Pak Ahok lakukan, untuk rakyat. Memang sudah cita-citanya dia dari dulu. Dia ingin berguna untuk orang lain dan dia konsisten," ucap Nana.

Yang terpenting, sambung dia, Ahok ingin memperbaiki kesalahannya. Penjara membuatnya lebih kuat untuk bertarung di 'perang' kehidupan selanjutnya. 

Sebelumnya, Ahok diputus bersalah melakukan penodaan agama lantaran mengutip Surat Al Maidah ayat 51 saat berpidato di Kepulauan Seribu, pada 27 September 2016. Dia pun dihukum 2 tahun penjara. 

Meski begitu, prestasi yang diukir Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tersebar ke dunia. Dunia internasional pun memberikan sejumlah penghargaan.

Penghargaan teranyar datang dari hasil pilihan majalah Foreign Policy. Dalam daftarnya, nama mantan Gubernur DKI Jakarta masuk dalam Global reThinkers 2017 yang berisi para pemimpin terkemuka dan intelektual dunia.

Pada tahun lalu, berkat usaha Ahok dalam membangun ketahanan kota, Jakarta menjadi salah satu finalis dari kota-kota dunia yang diajak bergabung dalam jaringan 100 Resilient Cities atau 100 RC. Kota-kota itu nantinya akan bergabung dengan komunitas global.

100 RC merupakan sebuah program yang dipelopori The Rockefeller Foundation yang bercita-cita membantu kota di seluruh dunia dalam meningkatkan ketahanan dalam menghadapi tantangan sosial, ekonomi, dan fisik.

Prestasi Ahok lainnya juga mendapat sorotan dari media ternama AS, New York Times. Dalam koran terbesar di AS itu, cerita tentang Ahok ditulis pada halaman A10 dengan judul "Run by Jakarta Governor Up ends Indonesia's Party Politics".

Dalam laporan New York Times yang diterbitkan pada 5 Juni 2016, dijelaskan, sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2014, Ahok telah menunjukkan taring pada birokrat yang tak kompeten dan melakukan penyimpangan anggaran. (Andri Setiawan)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ucapan Terima Kasih PM Israel ke Trump

Posted: 06 Dec 2017 09:15 PM PST

PM Israel, Benjamin Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada Presiden Trump terkait pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata, Gaya Mengemudi Velentino Rossi Sangat Menyeramkan

Posted: 06 Dec 2017 09:12 PM PST

Sudah seperti kebiasaan bagi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengikuti ajang Monza Rally Show 2017 di akhir tahun. Tahun ini, pembalap berjuluk The Doctor ini kembali menjuarai ajang tersebut untuk keenam kalinya.

Meskipun lihai di ajang MotoGP, namun untuk urusan balap mobil, gaya berkendara VR46 termasuk menyeramkan, meskipun tetap penuh perhitungan.

Seperti diceritakan adik tiri pembalap bernomor 46 ini, Luca Marini, terkait pengalaman menegangkan sewaktu duduk di samping Rossi di ajang Monza Rally Show 2017 (saat latihan). Dikatakan, dirinyaa lebih baik menyetir mobil sendiri, dibanding harus merasakan kecepatan Ford Fiesta yang dikemudikan sang kakak.

"Saya benar-benar takut duduk di samping Vale (Rossi saat latihan), jauh lebih menakutkan daripada menyetir sendiri," kenang Marini dikutip dari GPOne, ditulis Kamis (7/12/2017).

Sementara itu, Luca Marini di ajang Monza Rally Show 2017, tidak hanya menempatkan dirinya sebagai penonton saja. Dia juga ikut dalam event tahunan dengan mengendarai Ford Fiesta R5.

Meski tampil cukup kompetitif di ajang tersebut, namun dia tetap mengakui bahwa penampilannya tak sebaik Valentino Rossi.

Marini diketahui merupakan adik tiri dari Rossi. Keduanya memiliki ibu yang sama bernama Stefania Palma. Baik Marini maupun Rossi, sama-sama berprofesi sebagai pembalap motor.

Pada Honda Racing Thank's Day, Marc Marquez dan Dani Pedrosa balapan dengan mengendarai motor bebek.

Dalam ajang MotoGP, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa terbiasa mengendalikan Honda RC213V, bermesin 1.000 cc.

Namun, kali ini, bertepatan dengan ajang Honda Racing Thanks Day, kedua pembalap asal Spanyol itu "turun kasta" dari balapan MotoGP.

Ya, baik Marc Marquez dan Pedrosa ditantang balapan tidak menggunakan Honda RC213V, tapi motor bebek jadul (jaman dulu), yaitu Honda Super Cub, di Sirkuit Motegi, Jepang, akhir pekan lalu. Meski bukan balapan resmi, kedua jagoan termasuk peserta lainnya wajib mengenakan perlengkapan balap resmi.

Tak hanya itu, motor bebek Marc Marquez dan Pedrosa juga telah menggunakan livery tim Repsol Honda. Alhasil, balapan ini tampak resmi tapi beda zaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Presiden Jokowi Kecam Trump soal Yerusalem

Posted: 06 Dec 2017 09:11 PM PST

Presiden Jokowi mengecam tindakan Presiden Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Agung Meletus, Menkeu Geser Forum Ekonomi Dunia ke Jakarta

Posted: 06 Dec 2017 09:10 PM PST

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati membuka The 7th Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/12/2017).

Acara tahunan ini dijadwalkan berlangsung di Bali, namun terpaksa bergeser ke Jakarta karena peningkatan aktivitas Gunung Agung.

"Konferensi ini merupakan rangkaian kita menjadi tuan rumah pertemuan IMF-World Bank yang membahas berbagai isu kebijakan. Seharusnya acara ini ada di Bali, tapi karena peningkatan aktivitas Gunung Agung, menyebabkan kita pindah ke Jakarta," ujar Sri Mulyani usai membuka acara tersebut.

AIFED merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan Kementerian Keuangan dengan pemerintah Australia melalui Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG) dan Asian Development Bank (ADB), serta dukungan dari ADB Institute.

Forum ekonomi tersebut mengambil tema Riding The Waves of Technological Change: The Way Forward to Drive Productivity and Alleviate Inequality. Menurut Sri Mulyani, forum ekonomi tersebut akan menjelaskan gelombang perubahan teknologi.

"Dengan demikian, pembuat kebijakan dapat merespons dan tetap menjaga manfaat dari teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan mengatasi potensial risiko dari perubahan itu dalam bentuk kesenjangan antar sektor, antar kelompok ekonomi," papar Sri Mulyani.

Tujuan utama penyelenggaraan AIFED untuk mendapatkan gambaran komprehensif mengenai dampak perubahan teknologi terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya untuk Indonesia, serta upaya kebijakan yang diperlukan.

Dengan mendorong peran teknologi dalam meningkatkan kualitas perekonomian nasional, meningkatkan produktivitas, serta mengurangi ketimpangan ekonomi.

AIFED dihadiri sekitar 300 peserta, di antaranya perwakilan dari negara ASEAN, pelaku usaha, akademisi, ekonom, dan institusi internasional.

Tahun ini, forum ekonomi yang berlangsung pada 7-8 Desember tersebut menghadirkan pembicara ternama Kaushik Basu dari Cornell University dan Ricardo Hausmann dari Harvard Kenedy School of Government.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, menyatakan aktivitas erupsi efusif atau leleran lava di kawah Gunung Agung sejak Minggu siang hingga petang secara perlahan masih berlangsung.

Sebagaimana dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun resmi Twitter-nya, Minggu malam, hasil pemantauan PVMBG Rendang menyatakan Gunung Agung sepanjang Minggu pukul 12.00-18.00 Wita masih berstatus Awas.

Dilansir Antara, Senin 4 Desember 2017, dari pengamatan visual, puncak gunung tertutup kabut. Selain itu tinggi kolom uap putih keabuan Gunung Agung tidak dapat diamati baik dari lereng utara, timur laut, selatan, maupun dari lereng barat daya.

Dari pengamatan CCTV di Rendang, Bukitasah dan Batulompeh, sinar api dari lava pijar di siang hari juga tidak teramati, tapi erupsi efusif masih terjadi secara perlahan.

Perihal kegempaan, dilaporkan gempa erupsi eksplosif nihil, tremor nonharmonik terjadi menerus terkait kepulan uap putih keabuan selama enam jam (amplitudo 1-4 mm, dominan 1 mm), tremor harmonik nihil, gempa hembusan dua kali, gempa frekuensi rendah sebanyak satu kali, vulkanik dangkal satu kali, vulkanik dalam satu kali dan tektonik Lokal nihil.

PVMBG merekomendasikan tidak boleh ada aktivitas di daerah bahaya Gunung Agung, yakni dalam radius 8 km dari puncak gunung serta dalam sektoral barat daya, selatan, tenggara, timur laut, dan utara sejauh 10 km dari puncak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 16 Tim yang Lolos Babak Gugur Liga Champions

Posted: 06 Dec 2017 09:10 PM PST

Babak penyisihan grup Liga Champions telah selesai digelar dini hari tadi (7/12/2017) WIB. Sebanyak 16 tim memastikan diri melaju ke fase knock out atau babak gugur.

Dari delapan grup yang ada, masing-masing diwakili dua tim untuk berlaga di babak 16 besar Liga Champions. Laga 16 besar sendiri baru akan berlangsung pada Februari tahun depan.

Undian babak 16 besar bakal digelar pada Senin (11/12/2017) di Nyon, Swiss. Undian akan mempertemukan juara grup melawan runner up. Namun, tim yang bertemu tidak akan berasal dari negara yang sama atau grup yang sama di babak sebelumnya.

Dalam proses pengundian, delapan tim juara grup akan berada pada pot satu yang akan diundi melawan delapan tim dari pot kedua yang merupakan runner up dari masing-masing grup.

Real Madrid sebagai juara bertahan Liga Champions berpotensi bertemu klub-klub Inggris, seperti Liverpool, Manchester United, hingga Manchester City. Sementara Barcelona juga berpeluang menghadapi Bayern Munchen, Chelsea, dan Juventus. 

 

Daftar tim di 16 Besar Liga Champions

Delapan tim yang menjadi juara grup adalah Manchester United, Paris Saint Germain (PSG), AS Roma, Barcelona, Liverpool, Manchester City, Besiktas, dan Tottenham Hotspur.

Ada pun tim-tim pot kedua atau runner up, yakni FC Basel, Bayern Munchen, Chelsea, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Porto, dan Real Madrid.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lanjut S3, Narji Cagur Siap Jadi Doktor

Posted: 06 Dec 2017 09:10 PM PST

Komedian Narji rupanya sangat menyadari pentingnya pendidikan. Buktinya, saat ini dirinya terdaftar sebagai mahasiswa Pascasarjana jurusan Manajemen.

Bukan hanya itu, saking peduli terhadap pentingnya pendidikan, pria yang tergabung dalam grup Cagur ini bahkan sudah berencana untuk melanjutkan studinya ke jenjang S3.

"Pengin nyelesain S3. S2 gue hampir selesai. Kalau S3 sudah selesai enak deh. S2 saya ngambil master manajemen. Sekarang lagi tesis. Nanti tesis selesai, Insya Allah saya lanjut ke program doktoral," kata Narji di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (6/12/207).

Saat ditanya mengapa dirinya sangat serius dalam hal akademik, Narji memberikan jawaban nyeleneh. 

 

"Buat undangan saja. Jadi nanti kalau anak kawin, undangannya enak gelarnya banyak. Kalau saya punya gelar banyak, anak enak. 'Wah babe gua gelarnya banyak'," jawab Narji bercanda.

Namun pada akhirnya Narji menjelaskan alasan sebenarnya. Menurutnya, kuliah lagi sebagai cara untuk membuat anaknya rajin dalam menuntut ilmu.

"Yang penting kalau gue sekolah, anak gue malu kalau dia malas sekolah 'wah babe gua jelek-jelek sekolah'," ungkap Narji.

Untuk jenjang S3 sendiri bahkan Narji mengaku sudah mempersiapkan kampusnya kelak.

"S3-nya udah ada yang menyiapkan tempat. Kalau saya lulus semua psikotes, kesehatan lulus, kalau itu semuanya lulus baru saya bisa masuk ke sana. Saya tuh paling mentok di bahsa Inggris ampun-ampunan. Itu yang paling susah lulus. Makanya S2 saya, saya telat-telatin biar saya belajar bahasa Inggris," terang Narji.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi I: Calon Panglima TNI Jamin Netralitas di Tahun Politik

Posted: 06 Dec 2017 09:08 PM PST

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pengangkatan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru. Beban tugas menunggu orang nomor satu di TNI ini, yaitu menghadapi tahun politik 2018, dimana kontestasi Pilkada digelar di beberapa wilayah yang menjadi perebutan kantung pemenangan.

"Tadi Panglima TNI yang baru menekankan saya akan jaga netralitas, teknisnya bagaimana beliau tidak menjelaskan. Tapi yang pasti menjamin itu (netralitas)," kata Nica Siahaan dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Kamis (7/12/2018).

Nico adalah salah satu anggota Komisi I DPR yang berkunjung untuk santap pagi dan berkenalan dengan keluarga Marsekal Hadi Tjahjanto. Pertemuan digelar di rumah dinas KSAU di Komplek Halim Perdana Kesuma, Blok E-1, Jakarta Timur.

Kedatangan anggota Komisi I pagi tadi disambut Hadi beserta istri, serta putri dan putra keduanya. Hadi memiliki menantu seorang prajurit TNI AU. Putra bungsunya pun saat ini tengah sekolah penerbang.

"Tadi itu silaturahmi sekaligus melepas ketegangan. Beliau kemarin itu merasa tegang," kata Politikus PDIP ini.

Selain menjaga netralitas di tahun politik, Marsekal Hadi juga menyinggung soal soliditas antara TNI dan institusi lainnya.

 

Sementara itu, Marsekal Hadi mengatakan bahwa kehadiran anggota Komisi I itu atas undangannya. Hadi menyampaikan, sudah sepantasnya dia mengundang anggota Komisi I DPR ke rumahnya. Setelah sebelumnya, dia berada di Senayan seharian. Kali ini, giliran para pejabat yang singgah ke kediamannya.

"Acara pagi ini memang undangan dari saya. Silaturahmi, kebetulan di rumah, istri sedang masak enak sehingga saya ingat dengan bapak-bapak Komisi I DPR. Sarapan pagi dan yang jelas memperkenalkan keluarga saya. Istri saya, anak saya, cucu saya," tutur Hadi Tjahjanto di lokasi, Kamis (7/12/2017).

Menurut dia, tidak ada obrolan lain dengan konteks diluar silaturahmi. Mereka bersenda gurau dan menyantap nasi liwet dan empal gentong.

"Kita bicara ringan saja, terkait tujuan ke sini adalah silaturahmi," jelas Hadi Tjahjanto.

 

https://www.vidio.com/watch/1202078-alasan-jokowi-tunjuk-marsekal-hadi-tjahjanto-jadi-calon-panglima-tni-liputan6-pagi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan PKL di Alun-Alun Brebes yang Dipalaki Preman Tiap Malam

Posted: 06 Dec 2017 09:02 PM PST

Setiap hari menjelang sore, Dian (40) menggelar lapak daganganya di sudut bagian selatan Alun-Alun Brebes. Perempuan berkaca mata itu menjual berbagai macam aksesoris masa kini dan membuka lapak mainan bagi anak-anak.

Namun ketika bada Magrib tiba, dirinya selalu dihinggapi rasa was-was karena ulah para preman. Seakan menghantui di tengah jerih payah mengumpulkan pundi-pundi rupiah, Dian sering dipaksa menyerahkan sejumlah uang kepada preman dengan alasan untuk keamanan.

"Satu dua sampai tiga kali sih enggak masalah. Tapi ini hampir tiap hari datang ke sini minta uang," ujar Dian pada Rabu, 6 Desember 2017.

Meski tidak banyak, tapi jika hal itu sering, pastinya membuat Dian keberatan. Rata-rata para preman itu minta uang jatah Rp 2–5 ribu. Mereka tak peduli apakah dagangan Dian laku hari itu atau tidak.

Tak hanya Dian, pedagang lain juga dibikin resah dengan ulah preman. Para pedagang kaki lima (PKL) makanan dan minuman di Alun-Alun Brebes mengaku resah dengan keberadaan preman yang berkeliaran saat malam hari.

Puluhan pedagang sudah mengadu ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Mereka datang ke Kantor Satpol PP untuk menyampaikan apa yang dialami selama ini.

 

Alun-Alun Brebes. Foto: (Fajar Eko/Liputan6.com)

Ketua Paguyuban PKL Alun-Alun Brebes, Sutrisna, menyampaikan sebulan belakangan ini, banyak preman yang berkeliaran di malam hari. Mereka kerap memaksa pedagang untuk memberikan uang.

Bahkan saat malam semakin larut, ada sekelompok preman yang membawa senjata tajam. Hal itu membuat pedagang makin khawatir dan pengunjung dibikin resah.

"Mereka mabuk dan sering membuat onar. Ini kan membuat resah pedagang dan pengunjung," ucap Sutrisna.

Selain preman, dia juga mengeluhkan banyaknya pengamen jalanan. Para pengamen yang kebanyakan ABG itu juga kerap meminta uang dengan cara memaksa.

"Kami berharap Satpol PP sering patroli rutin di alun-alun. Agar tidak ada lagi preman yang berkeliaran," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Brebes Budi Darmawan menyatakan anggotanya sudah sering berpatroli di sejumlah tempat strategis yang kerap digunakan pemuda untuk pacaran.

Dia pun berjanji akan menindaklanjuti pengaduan para pedagang kaki lima di alun-alun, demi terciptanya rasa aman masyarakat Brebes.

Menurut dia, Satpol PP punya personel sebanyak 15 regu yang terdiri atas tiga hingga lima personel. Mereka kerap razia gabungan bersama TNI dan Polri.

"Kami berterima kasih kepada para pedagang yang telah melaporkan ke kami. Tentu kami akan langsung koordinasikan dengan pihak terkait untuk menindaklanjuti laporan ini," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Gadis Operasi Plastik Bak Angelina Jolie Ternyata Palsu

Posted: 06 Dec 2017 09:00 PM PST

Kabar gadis Iran menjalani operasi plastik berkali-kali demi mirip Angelina Jolie menghebohkan jagat maya. Sahar Tabar, namanya, mengaku menjalani prosedur bedah kosmetik sebanyak 50 kali. 

Alih-alih mirip bintang pujaan, Angelina Jolie, ia justru dianggap menyerupai karakter Corpse Bride dalam film komik besutan Tim Burton. Mirip zombi. 

Tak hanya viral di media sosial, sejumlah media di dunia juga memuat foto Sahar Tabar lengkap dengan artikel yang mengabarkan soal aksi nekatnya itu. 

Namun, belakangan perempuan itu akhirnya buka suara. Rupanya, tampilanya dalam foto-yang bikin heboh adalah palsu belaka, demikian seperti dikutip dari The Independent pada Kamis (7/12/2017).

Tak jelas apa yang membuat gadis 19 tahun itu akhirnya mengungkapkan kebenaran. Diduga ia terpaksa karena ketenarannya yang mendadak justru membuatnya mendapat komentar negatif di media sosial. Ia bahkan memproteksi Instagram-nya menjadi privat.

Kepada kantor berita Rusia, Sputnik, Tabar mengaku, dia mengedit foto-foto itu sebagai cara untuk 'menghibur' dirinya sendiri.

"Menjadi mirip Angelina Jolie bukan tujuan saya," kata dia, tanpa menjelaskan mengapa sempat muncul klaim operasi plastik, bahkan sampai 50 kali. 

Penampilannya yang agak mirip Angelina Jolie versi menyeramkan ternyata sama sekali tak terkait operasi plastik atau diet ekstrem, seperti anggapan sejumlah orang, melainkan efek kombinasi make up dan Photoshop.

Sebelum Tabar mengakui tipuan tersebut, beberapa pengguna media sosial sudah menaruh curiga soal keaslian foto remaja tersebut, setelah melihat latar belakang yang melengkung dan sudut-sudut aneh di beberapa foto.

Lengkungan dan sudut aneh tersebut diyakini sebagai jejak kerja perangkat lunak atau aplikasi untuk mengedit gambar.

Berbicara tentang foto yang telah diubah, Tabar berkata, "Penggemarku tahu bahwa ini bukan wajah sungguhanku."

Meski tak yakin siapa yang dia maksud dengan penggemar, banyak warganet yang mengaku lega setelah mengetahui itu bukan penampilan asli Sahar Tabar. 

Tertipu memang, namun para netizen mengaku senang setelah foto-foto 'yang normal' muncul kembali di Instagramnya. Bukan Angelina Jolie versi horor. 

 

Operasi plastik memang sedang digrandungi banyak orang, terlebih lagi orang Asia. Demi operasi plastik mereka rela mengeluarkan uang banyak.

Teknologi bedah plastik awalnya digunakan untuk mengoreksi kerusakan pada tubuh karena kecelakaan atau cacat. Namun, belakangan dibuat untuk kecantikan. 

Meski demikian, semua orang berhak atas tubuhnya untuk 'mempermak' seperti yang mereka inginkan. Baru-baru ini, seorang buruh pabrik asal Thailand yang rahangnya bengkok memutuskan untuk mengoreksi wajahnya itu. 

Sebuah acara TV bernama Let Me In Thailand, acara versi Negeri Gajah Putih yang berasal dari acara TV di Korea Selatan, Noppajit ingin mengubah penampilannya.

Keputusan ini bukan semata-mata karena ia ingin mengubah penampilan. Ia ingin melakukan prosedur operasi plastik karena rahang bengkok yang dimiliki olehnya tidak dapat membantu mengunyah dengan semestinya.

Merasa malu karena rahangnya, laki-laki berusia 22 tahun tersebut selalu menjauhkan diri dari teman-teman kerja dan selalu makan sendirian saat istirahat siang.

Di season ketiga dari program makeover yang disiarkan setiap hari Minggu tersebut, Noppajit terpilih untuk menjalani prosedur oplas di Korea Selatan. Ia 'memperbaiki' rahang, dahi dan kelopak mata.

Kelenjar ludahnya disuntik dengan botox untuk memperbaiki air liur yang berlebihan, dan dia juga menjalani perawatan untuk menyingkirkan noda hitam bekas jerawat di kulitnya.

Setelah semua proses oplas selesai dilakukan, Noppajit terlihat seperti orang yang sangat berbeda.

Setelah menjalani masa pemulihan selama tiga bulan, ia dijadwalkan untuk bertemu dengan ibunya, yang tidak disebutkan namanya dalam acara TV tersebut. Ia akan bertemu sang ibu di sebuah restoran favorit mereka, untuk pertama kali setelah menjalankan oplas di luar negeri.

Sayangnya, sang ibu tak mengenali Noppajit meskipun sang anak sudah duduk di depan meja yang menghadap ibunya.

"Aku sangat merindukannya, aku tidak sedang berakting," kata ibunya sambil berbicara tentang anaknya dan menangis di depan kamera.

Noppajit kemudian berdiri dan berjalan menuju meja ibunya, dan sang ibu menangis setelah Noppajit memperkenalkan diri sebagai "Noppajit yang baru."

"Ibu, apakah kamu mengingatku? Lihatlah aku," kata Noppajit.

"Apakah itu kamu? Apakah itu benar-benar kamu?" tanya ibu Noppajit.

Ibunya masih tidak percaya setelah diperlihatkan foto sebelum dan sesudah dari transformasi Noppajit. Ia harus melihat luka di tangan Noppajit untuk meyakinkan dirinya sendiri -- bahwa itu benar anaknya.

Noppajit mengatakan bahwa acara TV tersebut membuat hidupnya sekarang berubah sangat drastis setelah melakukan prosedur oplas.

"Banyak orang yang melihat saya sebagai sosok yang berbeda. Saya merasa lebih baik. Sebelum ini, orang-orang melihat wajah saya sebagai abnormal dan masyarakat tidak menerima saya. Tetapi sekarang saya mempunyai banyak teman," sebut Noppajit.

Walaupun ia sekarang terlihat seperti seorang artis Kpop, Noppajit mengatakan bahwa ia masih sama seperti yang dulu dan hatinya tetap lah milik Tob, seorang transgender wanita yang dikenalnya lewat Facebook.

"Saya merawatnya dan saya tidak takut jika nantinya ia akan meninggalkan saya. Kami percaya dengan masing-masing sejak awal (hubungan)," tutup Tob yang berusia 26 tahun tersebut yang merasakan manfaat operasi plastik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: