Minggu, 30 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Marcella Simon Curi Perhatian di Sinetron Putri Titipan Tuhan

Posted: 30 Jul 2017 09:40 PM PDT

Nama Marcella Simon mungkin belum cukup dikenal luas oleh pecinta sinetron. Padahal, wajahnya sudah sering muncul dalam beberapa judul sinetron dalam 10 tahun terakhir. Kini, bintang cantik yang wajahnya sering dibilang mirip Marshanda ini pun mencuri perhatian, berkat perannya dalam sinetron Putri Titipan Tuhan.

Marcella Simon mendapat peran yang cukup sentral di sinetron yang tayang di SCTV sejak 12 Juni 2017 lalu tersebut. Memainkan karakter Nadira, anak tertua dari Bunda Hapsari, Marcella menuai banyak pujian lantaran bisa mengimbangi akting aktris watak Widyawati, sang pemeran Bunda Hapsari. Marcella bersanding dengan Nabila Zavira, pendatang baru yang juga bersinar di Putri Titipan Tuhan.

Akting dara kelahiran Kupang, 9 Mei 1989 ini sebelumnya juga memikat hati pecinta sinetron saat tampil di sinetron yang dibintangi Celine Evangelista dan Dirly Dave. Marcella Simon memerankan sosok pembantu nyentrik bernama Nining.

Nining, diceritakan punya obsesi ingin membuat dirinya jadi orang paling kaya di kampung. Setiap hari pekerjaan Nining, korupsi terus. Segala hal ia jadikan bisnis. Bahkan ia sampai membohongi teman-temannya sesama pembantu demi untuk mendapatkan keuntungan.

Karir Marcella Simon di jagat akting sendiri, mulai bersinar tatkala ia didapuk bermain dalam sebuah FTV produksi Sinemart yang berjudul Keriting Lagi? Cape Deh! pada tahun 2007 silam. Saking suksesnya, FTV ini sampai berlanjut hingga beberapa episode. Baru kemudian, Marcella Simon mendapat peran di sinetron perdananya, Safira, yang juga tayang di tahun yang sama. Kebagian peran antagonis, Marcella Simon beradu akting dengan Lucky Perdana dan Yukino Amira.

Selain FTV dan sinetron, Marcella Simon juga sempat main di sebuah film layar lebar berjudul Sweetheart pada 2010, yang juga dibintangi Marcel Chandrawinata dan Aurelie Moeremans. Sebelum Putri Titipan Tuhan, Marcella Simon yang masuk dunia hiburan usai memenangkan sebuah ajang model majalah remaja ini terakhir juga main di sinetron Duyung Cilik yang tayang di SCTV pada bulan Mei 2017 lalu.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oesman Sapta: Menangkal Ancaman Asing Dengan Pedoman Empat Pilar

Posted: 30 Jul 2017 09:37 PM PDT

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menuturkan bangsa kita saat ini sedang terancam oleh intervensi asing. "Asing sedang berupaya menghancurkan negara kita," ujar Oesman Sapta d hadapan tokoh dan warga Jawa Timur dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR, Surabaya, Minggu, (30/7).

Ancaman itu disebutkan, seperti adanya keinginan untuk menguasai sumber daya alam yang ada, batu bara, emas, dan materi tambang lainnya.

"Ada upaya besar-besaran untuk mengekspor batu bara," ujarnya. Akibatnya menurut Oesman Sapta, Indonesia kekurangan energi. 

"Kita kekurangan listrik jadinya," ungkapnya. Oesman Sapta menyarankan seharusnya produk batu bara diproses di dalam negeri hingga produk akhir.

Ancaman yang lain diungkapkan oleh Oesman Sapta adalah, keinginan kekuatan asing merebut sektor-sektor ekonomi.

Narkoba yang merajalela saat ini, disebut Oesman Sapta juga sebagai sarana untuk menghancurkan Indonesia.

"Narkoba ancaman bangsa dengan menyasar anak-anak muda. Narkoba sudah menyerang anak-anak sekolah dasar," tambahnya.

Untuk menangkal ancaman-ancaman tersebut, menurut Oesman Sapta, adalah dengan memegang teguh Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Narkoba tak mampu menyerang orang yang memegang teguh Empat Pilar," ujarnya.

"Bila tak ada Empat Pilar negara ini hancur," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Oesman Sapta menyebut masalah asal usul, warna kulit, dan perbedaan yang lain yang ada di Indonesia sudah selesai.

Keragaman yang ada di Indonesia bukan barang yang baru. Oesman Sapta mengungkapkan pada jaman Nabi dulu juga ada keragaman namun keragaman itu bisa disatukan oleh Nabi dalam hidup saling menghormati dan menghargai.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru 25% Tiket Promo Baru Terjual pada KAI Travel Fair

Posted: 30 Jul 2017 09:36 PM PDT

PT KAI mencatat sekitar 25 persen dari total kuota tiket promo terjual dalam gelaran KAI Travel Fair yang berlangsung pada 29-30 Juli 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Kepala Humas KAI Agus Komarudin mengatakan, dalam event tersebut, KAI menyiapkan kuota tiket promo sebanyak 642 tiket eksekutif dengan berbagai rute.

"Kuota tiket promo 642 ribu seat untuk perjalanan 7 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2017," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (31/7/2017).

Dari jumlah tiket yang ditawarkan tersebut, lanjut dia, per 30 Juli 2017 malam, tercatat baru 25 persen yang terjual. Namun angka tersebut masih bisa bertambah.

"Updatenya promo KAI Travel Fair 29-30 Juli jam 19.38 tercatat sekitar 25 persen seat yang terjual dari kuota promo perjalanan KA untuk 7 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2017," jelas dia.

‎Agus mengungkapkan, penjualan tiket yang baru mencapai 25 persen bukan karena masyarakat kesulitan untuk mengakses atau melakukan transaksi pembelian. Melainkan kebanyakan calon penumpang mencari tiket untuk tanggal favorit atau hari libur.

"Akses gambang banget, cuma pada umumnya mereka mencari tanggal favorit atau weekend. Selain itu, jumlah tiket promonya juga banyak sekali," kata dia.

Sementara untuk nilai transaksi, Agus menyatakan pihaknya masih terus melakukan rekapitulasi. Namun demikian, KAI mengapresiasi animo masyarakat yang dinilai cukup tinggi mengingat pameran penjualan tiket kereta ini baru pertama kali digelar perusahaan plat merah tersebut.

"(Nilai transaksi) Belum, masih rekap. Tapi kami rasa acara KAI Travel Fair yang baru pertama kali diselenggarakan PT KAI tergolong sukses dengan animo masyarakat yang cukup tinggi," tandas dia.

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Perekam Video Penyiksaan Bayi J?

Posted: 30 Jul 2017 09:31 PM PDT

Kasus bayi J di Bali mencuat setelah video penyiksaan baby J tersebar luas dan menjadi viral di media sosial. Bayi J atau yang disebut Baby J merupakan bayi berusia 11 bulan (sebelumnya disebut tujuh bulan), buah hati pasangan MD asal Sumbawa dan seorang warga negara Austria berinisial ODA.

MD langsung ditahan pasca-ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Daerah Bali. Hingga kini polisi masih mencari perekam video ketika Merry tengah menyiksa anak kandungnya sendiri itu.

"Kita masih dalami dugaan adanya keterlibatan orang lain, dalam hal ini yanggep merekam adegan kekerasan tersebut," kata Kabid Humas Polda Bali, Komisaris Besar Hengky Widjaja, di Denpasar, Minggu 30 Juli 2017.

Selain itu, dia menambahkan, pihaknya juga tengah menjadwalkan pemeriksaan pacar MD. Tak hanya itu, pengunggah video kekerasan ke situs jejaring sosial juga akan diperiksa.

Hingga kini bayi J masih diasuh oleh pihak Metta Mama dan Maggha Foundation di Jalan Gunung Lawu, Denpasar, Bali.

Baby J kini dalam asuhan Metta Mama and Maggha Foundation. Meski Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Bali meminta agar Bayi J dikembalikan kepada ibunya, Dinas Sosial Provinsi Bali merekomendasikan agar bayi tersebut tetap dalam asuhan Metta Mama and Maggha Foundation.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Usia Lanjut Dinas Sosial Provinsi Bali, Ida Ayu Ketut Anggraeni menjelaskan, kasus ini bermula dari rujukan yang disampaikan oleh P2TP2A perihal nasib Baby J yang mengalami penyiksaan oleh ibu kandungnya.

"Awal dari kasus ini kami mendapat informasi, rujukan dari P2TP2A pada 20 Maret. Waktu itu usia Baby J baru 7 bulan. Dalam suratnya, mereka menjelaskan jika bayi ini mengalami tindak kekerasan, sementara ibunya mendapat perawatan kejiwaan di RSUP Sanglah Denpasar," katanya di Denpasar, Sabtu, 29 Juli 2017.

Berangkat dari informasi tersebut Anggraeni menyebut Dinas Sosial Provinsi Bali merujuk bocah tersebut kepada Metta Mama and Maggha Foundation sebagai partner lembaganya.

"Saat itu (baby J) kami titipkan di sini untuk mendapatkan perlindungan, pengasuhan sementara sambil menunggu proses lebih lanjut," ucapnya.

Selanjutnya, P2TP2A bersurat kepada Dinas Sosial Provinsi Bali meminta agar Baby J dikembalikan kepada ibu kandungnya. "Surat itu masuk kepada kami pada tanggal 12 dan 16 Juli yang intinya meminta Baby J dikembalikan kepada ibu biologisnya. Kami belum mengizinkan karena kami belum mendapatkan kajian kesehatan ibunya dari pihak terkait," tutur dia.

Anggraeni menyatakan pada dasarnya pihaknya tidak berwenang menahan Baby J jika ibunya melaksanakan fungsi sosial dengan baik. Pihaknya baru akan mengizinkan MD kembali mengasuh Baby J sepanjang dia memenuhi beberapa syarat.

"Pertama, ada pernyataan tegas dari P2TP2A maupun Dinas Perlindungan Anak Provinsi Bali bahwa mereka bertanggung jawab jika bayi ini dikembalikan ke ibu kandungnya dan jaminan tidak terjadi lagi peristiwa kekerasan itu," kata Anggraeni.

Syarat kedua yang diminta oleh lembaganya adalah dilakukan tes kejiwaan ulang oleh lembaga independen kepada ibunya. Sebenarnya pada 27 Juli 2017 rencananya Baby J akan diserahkan kepada ibu kandungnya, tapi Dinas Sosial membatalkan.

"Kami ini ingin Baby J terselamatkan. Itu yang kami bisa usahakan. Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk anak. Kami bukannya berusaha memisahkan anak dengan ibunya," kata Anggraeni.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

Video penganiayaan terhadap Baby J viral di media sosial Facebook.

Pada video yang diunggah oleh pemilik akun bernama Eka Vega itu menampilkan adegan seorang ibu yang tengah menyiksa anaknya sendiri. Ada beberapa video yang diunggah. Pada salah satu video berdurasi 33 detik, seorang ibu tengah mencubit, memukul, dan menampar Baby J. Sontak saja bayi berjenis kelamin laki-laki itu menangis sejadi-jadinya.

Pada video lain berdurasi satu menit lima detik itu sang anak yang oleh Eva Vega diberi nama Baby J tengah diceburkan ke dalam bak di dalam kamar mandi. Ia lantas diguyur dengan air sejadi-jadinya.

Tak hanya itu, sang ibu yang selalu menyebut kata 'this is drama' dalam setiap aksi penyiksaan ya itu juga menuangkan sabun pencuci piring ke tubuh bocah mungil tersebut. Ia lantas kembali menyiram bocah yang tengah menangis itu.

Video itu diunggah oleh Eva Vega pada 27 Juli 2017 pukul 21.05 Wita. Dalam keterangannya Eva Vega meminta agar bayi itu tetap dititipkan di Metta Mama and Maggha Foundation dan tidak dikembalikan ke ibunya. Eva Vega menyebut sang ibu bocah putih itu diduga mengidap penyakit bipolar yang bisa saja kambuh sewaktu-waktu.

Kuasa Hukum Metta Mama and Maggha Foundation I Nyoman Yudara mengatakan, baby J dititipkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bali. Menurut rencana, atas rekomendasi dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Bali bayi itu akan kembali diserahkan hak asuhnya kepada ibu kandungnya.

"Kami bersama Dinsos masih melakukan penilaian atau assessment kepada ibunya, apakah masih layak merawat baby J dengan tingkah lakunya yang seperti itu. Kita lakukan observasi ulang kita mintakan second opinion soal penyakit yang diidapnya," kata Yudara saat memberi keterangan resmi di Metta Mama and Maggha Foundation, Sabtu, 29 Juli 2017.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh kliennya adalah upaya menyelamatkan Baby J, bukan maksud untuk menguasai apalagi memisahkan anak dari ibu kandungnya sendiri.

"Kami berusaha menyelamatkan. Kami hanya ingin membuat Baby J aman, keselamatannya terjamin. Kami hanya menerima penitipan untuk keselamatan dan pertumbuhan Baby J. Tidak ada niatan untuk menguasai atau memisahkan hubungan ibu dan anaknya," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sixers Ingin Lolos Playoffs NBA MUsim Depan

Posted: 30 Jul 2017 09:30 PM PDT

Bintang baru Philadelphia 76ers Merkelle Fultz memasang target tinggi di NBA 2017/2018. Fultz ingin membawa Sixers lolos ke playoffs. 

"Kami akan berada di playoff musim ini, dan saya pikir semua orang bersedia melakukan upaya terbaik mereka dan mendengarkan pelatih dan mendengarkan bangku cadangan. Kita harus melakukan apa saja untuk sampai ke sana," kata Fultz.

"Kami akan berlatih lebih keras lagi, bekerja ekstra di gym sendiri, maksud saya, kita akan melakukan apapun yang diperlukan," lanjut Fultz kepada kepada CSNPhilly.

Sixers sudah lama tidak berlaga di playoffs NBA. Terakhir kali mereka lolos tahun 2011-2012. Namun ketika itu Sixers terhenti di putaran pertama playoffs NBA.

Di musim 2017/2018, banyak kalangan yang memang menjagokan Sixers bisa mendapat tiket playoffs. mereka memiliki materi pemain muda menjanjikan.

Masuknya Fultz yang dipilih di urutan pertama pada NBA Draft 2017 membuat Sixers kini punya point guard tangguh. Sixers akan menyandingkan Fultz dengan dua pemain muda potensial lainnya Ben Simmons dan Joel Embiid.

Selain itu mereka juga masih memiliki pemain kenyang pengalaman seperti Robert Covington dan J.J. Redick.


Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berada di Surabaya, Maia Estianty Kenalkan Kekasih pada Keluarga?

Posted: 30 Jul 2017 09:30 PM PDT

Kabar Maia Estianty akan segera menikah dengan Irwan Mussry sepertinya bukanlah isapan jempol saja. Setelah keduanya menghabiskan waktu di Monako, kini keduanya berada di Surabaya.

Sayangnya, hingga kini baik Maia Estianty maupun Irwan Mussry tak mengunggah foto kebersamaan di akun Instagram masing-masing. Namun, mereka sama-sama memberitahu bahwa tujuan perjalanan mereka berikutnya adalah Kota Pahlawan.

Maia Estianty satu pesawat dengan kekasih? (Foto: Instagram)

Maia Estianty pun menunjukkan dirinya bersama anak bungsunya, Dul Jaelani, berada di rumah masa kecil, dan berkumpul dengan saudara-saudaranya. Apa Maia juga mengenalkan kekasihnya pada keluarga besar di Surabaya?

"Rumah masa kecil dan kelahiran saya di Surabaya.. CRAB RIVER alias Jalan Kali Kepiting hahaha...," tulis Maia Estianty sebagai keterangan foto yang diunggahnya di akun Instagram, Senin (31/7/2017).

Dandanan Maia Estianty kali ini pun sedikit berbeda. Ia mengenakan gaun putih panjang dengan potongan leher rendah. Rambut panjangnya pun dikepang, Maia pun terlihat sangat cantik.

Sementara, Irwan Mussry memperlihatkan peta Indonesia di akun Instagramnya, Minggu (30/7/2017). Pada foto tersebut tertulis "Juanda 177 NM To Destination".

Maia Estianty kenalkan Irwan Mussry kepada keluarga? (Foto: Instagram)

"Next stop Surabaya," Irwan Mussry menuliskan keterangan untuk fotonya tersebut.

Sepertinya, Maia Estianty dan Dul Jaelani memakai pesawat yang sama dengan Irwan Mussry. Dalam sebuah foto, Irwan Mussry memperlihatkan foto sayap pesawat bertuliskan PK-DPD. Sedangkan Maia Estianty mengunggah foto serupa di Instagram Story miliknya. Hanya saja, usai dari Surabaya, tujuan keduanya berbeda. Maia balik ke Jakarta, sedangkan Irwan ke Bali.

 

Simak video menarik di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ketua Tim di Pokemon Go Hilang Sedot Perhatian

Posted: 30 Jul 2017 09:30 PM PDT

Artikel tentang pemimpin tim Instinct di Pokemon Go yang tiba-tiba hiland dari gim menyedot perhatian pambaca kanal Tekno Liputan6.com.

Artikel lain yang juga menjadi perhatian adalah peluncuran smartphone terbaru Huawei Mate 10 yang tampil dengan desain tanpa bezel, dan sejumlah gamer Pokemon Go yang menuntut Niantic Labs karena kisruh Pokemon Go Festival.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Pemimpin Tim Instinct di Pokemon Go Hilang, Kenapa?

Saat mencapai level lima di Pokemon Go, kamu akan diberi pilihan untuk bergabung dengan salah satu dari tiga tim yang tersedia: Mystic, Valor dan Instinct.

Berhubung hanya dapat dilakukan satu kali saja, trainers Pokemon Go harus bijak saat memilih. Siapa tahu pemimpin tim pilihan kamu tiba-tiba hilang tanpa sebab, seperti yang terjadi dengan pemimpin tim Instinct.

Dikutip dari laman Polygon, Minggu (30/7/2017), Spark--pemimpin tim kuning--secara misterius menghilang dari gim Pokemon Go ketika Niantic Labs menggulirkan update pada tanggal 20 Juli 2017.

Selengkapnya baca di sini

2. Huawei Mate 10 Bakal Punya Layar dengan Desain Tanpa Bezel

Chief Executive Officer (CEO) Huawei Technologies Consumer Business Group, Richard Yu, membagikan sedikit informasi mengenai phablet (phone tablet) terbaru, Mate 10. Selain mengonfirmasi nama yang disandang phablet itu, Yu juga memberikan informasi tentang desain layar.

Dilansir GSM Arena, Minggu (30/7/2017), Yu menuturkan, Huawei Mate 10 akan hadir dengan layar full screen. Berdasarkan pernyataan itu, Mate 10 diperkirakan akan bergabung dengan kelompok perangkat tanpa bezel yang saat ini sedang tren di pasar smartphone dunia.

Sayangnya, ia enggan mengomentari rumor tentang chipset Mate 10, yang menurut sejumlah laporan akan menggunakan Kirin 970. Namun Yu menjanjikan Mate 10 akan memiliki daya tahan baterai yang lebih panjang, serta waktu pengisian daya baterai lebih cepat dan kemampuan fotografi yang lebih baik daripada iPhone terbaru.

Selengkapnya baca di sini

3. Gamer Tuntut Niantic Labs Karena Kisruh Pokemon Go Festival

Dalam rangka merayakan ulang tahun pertama Pokemon Go dan peluncuran Pokemon legenda, Niantic Labs memutuskan menggelar acara besar bertajuk Pokemon Go Fest di Chicago, Amerika Serikat.

Sayang, acara yang digadang-gadang menjadi momen luar biasa seru ini harus berakhir mengecewakan bagi trainers yang secara langsung datang ke acara tersebut.

Sebagai kompensasi dan permintaan maaf, Niantic Labs mengembalikan uang tiket pengunjung dan memberikan sejumlah bonus dan Pokemon.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Pernah Sarapan, 200 Batu Empedu Bersarang di Perut Chen

Posted: 30 Jul 2017 09:30 PM PDT

Ada sebuah kasus yang unik, dokter mengeluarkan lebih dari 200 batu empedu dari usus seorang wanita saat operasi di Tiongkok. Wanita tersebut telah melewatkan sarapan selama delapan tahun. Akibatnya, batu empedu menumpuk di kantong empedu dan saluran empedu.

Wanita berusia 45 tahun dari Tiongkok yang diidentifikasikan sebagai Ms Chen, mengklaim, sakit perutnya terjadi lebih dari 10 tahun yang lalu. Namun, ia takut menjalani pembedahan.

Seiring waktu sakit sangat menyakitkan, Ms Chen pergi ke  Guangji Hospital di Hezhou. Tes menunjukkan adanya sejumlah batu empedu. Para ahli percaya, penumpukan batu empedu terjadi selama bertahun-tahun.

Dr. Quanwei Wei, seorang ahli bedah umum mengatakan, batu-batu empedu itu bisa muncul akibat kebiasaan Ms. Chen melewatkan sarapan. Ms. Chen mengatakan, dia sudah tidak pernah sarapan selama delapan tahun. Dr. Wei menjelaskan, efek dari pola makan ini adalah, empedu menumpuk di kantong empedu dan membentuk batu. 

Untuk mengeluarkan batu empedu dari perut Ms. Chen para ahli melakukan operasi. Beberapa batu empedu itu cukup besar. Bahkan ada yang hampir sebesar telur, dikutip dari Hindustan Times, Senin (31/7/2017).

Batu empedu berkembang dari ketidakseimbangan bahan kimia, misalnya kolesterol, yang ada di kantong empedu. Jika batu empedu terjebak dalam saluran yang ada di dalam kantong empedu hal itu bisa menyebabkan rasa sakit. 

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Crane 40 Meter, Penumpang Kereta Gantung Jerman Dievakuasi

Posted: 30 Jul 2017 09:23 PM PDT

Puluhan orang dilaporkan tertahan di udara akibat sebuah kereta gantung menabrak tiang penyangga dan berhenti di atas Sungai Rhine di Jerman.

Seperti dikutip dari BBC, Senin (31/7/2017), tim pemadam kebakaran dan penyelamat di Cologne kemudian datang menggunakan crane untuk menolong 75 penumpang yang terjebak. Beberapa di antaranya berada di ketinggian 40 meter atau 130 kaki dan tak terjangkau dengan alat tersebut.

Media Daily Mail menyebut jumlah penumpang yang terjebak mencapai 100 orang. Pejabat dinas transportasi dan pemadam kebakaran Cologne merinci para penumpang yang terjebak di kereta gantung itu termasuk anak-anak dan lanjut usia.

Menurut foto yang beredar di media, terlihat evakuasi dramatis anak-anak yang terjebak di kereta gantung. Salah satunya ada seorang bayi yang dipeluk saat proses itu berlangsung.

Tim pemadam kebakaran mengevakuasi penumpang kereta gantung yang terjebak di udara di Kota Koln, Jerman, Minggu (30/7). 32 kereta gantung mendadak terhenti usai menabrak tiang penyangga hingga membuat penumpangnya terjebak. (Martin Oversohl/dpa via AP)

Sejauh ini tak ada laporan korban jiwa maupun cedera akibat peristiwa itu.

Akibat insiden tersebut, sebanyak 32 gerbong kereta gantung yang diyakini beroperasi pada saat tabrakan sekitar pukul 15.30 terhenti.

Thomas Miebach selaku direktur pengelola perusahaan kereta gantung Cologne heran bagaimana kereta gantung itu bisa menabrak tiang, terutama karena tidak ada angin kencang.

Sejauh ini sekitar setengah dari penumpang kereta gantung yang terjebak telah dievakuasi ke tempat yang aman.

Tim pemadam kebakaran mengevakuasi penumpang kereta gantung yang terjebak di udara di Kota Koln, Jerman, Minggu (30/7). Setidaknya 100 orang terjebak setelah kereta gantung yang ditumpanginya menabrak tiang dan mendadak terhenti (Rainer Jensen/dpa via AP)

Wali Kota Cologne, Henriette Reker, memuji para penumpang atas kesabaran dan pengertian mereka menunggu dievakuasi.

"Mereka berada di tangan tim terbaik, Cologne Fire Brigade. Sesuatu seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya," kata Reker.

Reker menambahkan, dia pernah menaiki kereta gantung tersebut beberapa kali dan tak pernah terpikirkan kegagalan sistem bisa membuat penumpang terjebak di sana.

Kereta gantung di Cologne itu telah melintasi atas Sungai Rhine selama 60 tahun.

Kereta gantung itu sejatinya merupakan sarana transportasi populer di kota bagi penduduk setempat, menghubungkan kebun binatang ke Rheinpark di seberang sungai. Namun, jalur kereta yang dibuka pada tahun 1957 sampai pembukaan Bundesgartenschau dianggap sebagai objek wisata.

Berikut ini video dramatis evakuasi penumpang kereta gantung Jerman yang terjebak di ketinggian 40 meter:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Penjelasan Kapolri ke Jokowi soal Kasus Novel Baswedan

Posted: 30 Jul 2017 09:22 PM PDT

Tidak adanya kemajuan penyelidikan kasus penyerangan penyidik senior KPK, Novel Baswedan, membuat Presiden Joko Widodo atau Jokowi terusik. Jokowi akan meminta penjelasan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian tentang perkembangan kasus ini.

Jokowi didesak oleh berbagai pihak untuk membuat Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) guna menyelesaikan kasus ini. Hanya saja, Jokowi memilih tak bertindak karena tidak mau mencampuri kasus hukum.

Namun, Jokowi akhirnya angkat bicara soal perkembangan kasus ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan memanggil Tito untuk mendengarkan penjelasan kasus tersebut.

Untuk diketahui, Jokowi tidak ada jadwal kegiatan terbuka hari ini. Jokowi hanya menggelar pertemuan internal dengan Persatuan Gereja Indonesia (PGI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) sejak pagi hingga Senin siang. Setelah itu, belum diketahui agenda lain yang akan dilakukan Jokowi hari ini.

Pada sisi lain, Tito dijadwalkan menghadiri konferensi pers pengungkapan kasus penipuan siber. Konferensi Pers dilaksanakan pukul 13.00 WIB di Main Hall Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan akan memanggil Tito ke Istana Kepresidenan pada Senin hari ini. Pemanggilan ini tak lain untuk meminta penjelasan tentang perkembangan kasus penyerangan Novel Baswedan.

"Kemarin saya sudah menyampaikan ke Kapolri, besok mau menghadap. Saya belum bisa sampaikan," kata Jokowi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu 30 Juli 2017.

Jokowi mengatakan, belum dapat menanggapi kasus Novel Baswedan sebelum berdiskusi dengan Kapolri. Pertemuan dengan Kapolri baru akan dilaksanakan Senin.

"Saya belum bisa sampaikan," ucap Jokowi.

Penyidik senior KPK Novel Baswedan disiram air keras usai menjalankan salat subuh berjemaah di masjid dekat rumahnya 11 April 2017 lalu. Dua orang bermotor menyiramkan air keras tepat di bagian wajah Novel.

Novel Baswedan segera dilarikan ke sebuah rumah sakit di Kelapa Gading, Jakarta Utara, untuk mendapatkan perawatan. Hingga akhirnya, ia dirujuk ke Singapura untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Tanpa Ami Wajima, Artis di C3 AFA Jakarta 2017 Makin Ramai

Posted: 30 Jul 2017 09:20 PM PDT

Salah satu ajang budaya pop Jepang terbesar di Asia Tenggara bertajuk C3 Anime Festival Asia (C3 AFA) atau C3 AFA Jakarta 2017, telah mengumumkan deretan pengisi acara. Mereka semua akan tampil di acara yang akan digelar di JIEXPO Jakarta pada 18-20 Agustus 2017 mendatang.

C3 AFA Jakarta 2017 sendiri bertujuan untuk membawakan konten terbaru dan terbaik dari Jepang secara langsung kepada para penggemar budaya pop Jepang di Indonesia. Maka, tak heran bila banyak agenda dan pengisi acara yang dirasa mampu memuaskan hasrat pecinta budaya Jepang.

C3 Anime Festival Asia 2017. (AFA)

Dari ranah anime, akan dimunculkan beberapa penayangan anime. Black Butler: Book of the Atlantic di day stage dengan booth khusus, Frame Arms Girls beserta Rika Abe yang mengisi suaranya, hingga penayangan khusus Hatsune Mike Expo 2016 Japan Tour.

Di sisi lain, para pecinta musik Jepang akan kembali menikmati penampilan dari May'n yang bergabung di panggung I Love Anisong. May'n akan menggantikan Ami Wajima yang terkendala masalah kesehatan dan akan tampil pada Sabtu, 19 Agustus 2017.

Ami Wajima, salah satu penyanyi wanita Jepang. (jurnalotaku.com)

Lebih lengkap, pada Sabtu, 19 Agustus 2017, panggung akan diisi oleh Fhana, Konomi Suzuki, May'n, dan Tomohisa Sako. Lalu pada Minggu, 20 Agustus 2017, panggung diisi oleh Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets, Kradness, Luna Haruna, dan Shiena Nishizawa.

Sementara itu, C3 AFA Jakarta 2017 juga akan memiliki tiga tamu spesial yang antara lain adalah Cleanero, Eve, dan Takaaki Natsuhiro. Cleanero sangat terkenal di situs berbagi video Jepang Nico Nico Douga. Eve dikenal sebagai penyanyi-penulis lagu sekaligus desainer yang telah memiliki dua album. Sementara Takaaki Natsushiro yang sebelumnya dikenal sebagai Yuei dan P-ch! telah menyanyikan berbagai lagu tema anime olahraga yang salah satunya Yowamushi Pedal New Generation.

Takaaki Natsushiro. (AFA)

Tiket C3 AFA Jakarta 2017 dijual dengan harga variatif bergantung kepada kelas dan paketnya, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 2,1 juta yang terbagi dalam sejumlah kelas dan paket. Tiket bisa didapatkan melalui loket.com di event Anime Festival Asia 2017.

Sebelum C3 AFA Jakarta 2017, acara ini dikenal dengan nama AFA yang pertama kali digelar pada 2008 di Singapura. Acara ini berisi konser artis dan program panggung Jepang yang disebut sebagai event pop culture Jepang terbesar di Asia Tenggara.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prestasi Toyota Indonesia Selama 30 Tahun Berkarya

Posted: 30 Jul 2017 09:17 PM PDT

Toyota, pabrikan asal Jepang, pertama kali masuk ke Indonesia pada 1971. Selang 16 tahun, mereka untuk pertama kalinya melakukan kegiatan ekspor. Ini adalah bisnis yang kemudian terus mereka jalankan hingga saat ini.

Sepanjang 30 tahun "berkarya" di Indonesia, jenama terbesar di dunia ini telah mencatatkan berbagai capaian. Salah satunya adalah berhasil mengekspor 1,1 juta unit kendaraan utuh ke berbagai belahan dunia.

Ekspor perdana Toyota Indonesia adalah Kijang, yang diekspor ke Brunei Darussalam serta beberapa negara Asia Pasifik. Ekspor Toyota secara signifikan terjadi pada 2004. Ketika itu, mereka mulai mengekspor Innova dan Avanza ke Thailand.

Total, hingga saat ini mereka telah mengekspor ke lebih dari 80 negara di Asia, Timur Tengah, Afrika, Oseania, dan Amerika Latin.

Waring Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan bahwa bisnis mereka secara langsung berdampak pada perekonomian Indonesia, terutama dalam aspek trade balance atau keseimbangan antara ekspor dan impor.

"Kami berusaha agar trade balance itu positif (lebih besar ekspor ketimbang impor). Itu yang mungkin secara signifikan kami kasih ke Indonesia," ujar Warih, dalam media gathering yang dihelat Jumat (28/7) pekan lalu.

Selain dalam bentuk kendaraan utuh, ekspor juga dilakukan dalam bentuk komponen, alias terurai, sebanyak 833.500 unit. Ekspor juga dilakukan terhadap mesin (1,47 juta unit), serta 648 juta potong komponen dengan nilai sekira Rp 250 triliun.

Ke depan, Warih mengatakan bahwa ada beberapa pasar ekspor baru yang akan dijajaki. "Saat ini kami juga masih melakukan studi untuk ekspor ke negara-negara baru, salah satunya Maroko," ucapnya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani dan Dilema APBN Tanpa Utang

Posted: 30 Jul 2017 09:16 PM PDT

Kebijakan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati untuk menambah utang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 sebesar Rp 461,3 triliun terus direspons negatif oleh sebagian kalangan. Sementara di sisi lain, pemerintah diminta tidak menaikkan pajak dengan tujuan meningkatkan penerimaan pajak.

Dikutip dari video yang diunggah Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (31/7/2017), Sri Mulyani mengatakan, pemerintah dan DPR sepakat mematok penerimaan negara sebesar Rp 1.736,1 triliun di APBN-P 2017. Adapun target belanja negara Rp 2.133,3 triliun.

Dengan demikian, defisit fiskal senilai Rp 397,2 triliun atau 2,92 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Untuk menambal defisit anggaran tersebut, pemerintah membutuhkan pembiayaan anggaran yang berasal dari utang sebesar Rp 461,3 triliun.

"Kalau kita ingin APBN tanpa utang, maka belanja negara harus saya potong sebanyak Rp 397,2 triliun. Itu berarti bisa seimbang, persis APBN tanpa utang. Tapi belanja apa yang harus saya potong lebih dulu?" ujar Sri Mulyani.

Sebagai contoh, Sri Mulyani tidak mungkin memotong belanja pegawai, seperti gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)/TNI/Polri atau guru, pembayaran listrik. Pemerintah pun dilarang membabat anggaran pendidikan yang dalam undang-undang (UU) sudah ditentukan 20 persen dari APBN, serta anggaran kesehatan 5 persen dari APBN.

Di APBN-P 2017, pemerintah mengalokasikan Rp 426,7 triliun atau untuk anggaran pendidikan, dan anggaran kesehatan Rp 106,7 triliun. Masing-masing naik dari APBN induk 2017 yang dipatok Rp 416,1 triliun dan Rp 104 triliun.

"Gaji, anggaran kesehatan dan pendidikan tidak boleh saya potong. Bantuan untuk orang miskin juga tidak boleh dipangkas. Subsidi listrik, elpiji, dan BBM pun sama. Lalu saya harus potong belanja apa?" tanya dia.

"Kalau saya potong anggaran infrastruktur, proyek MRT, LRT diberhentikan, mangkrak, Anda macet terus? Tidak apa ya. Pokoknya kan yang penting tidak ngutang. Termasuk tidak usah bangun listrik baru, boleh? Pasti bilangnya jangan juga," Sri Mulyani mengatakan.

Ia memberikan opsi lain. "Oke, anggaran tidak boleh dipotong. Kalau begitu, saya harus cari tambahan pajak Rp 397,2 triliun. Saya bisa sih nambah penerimaan, tapi saya ngejar pajak Anda ya. Saya lihat akun rekening Anda? Nah, wajah Anda kelihatan bleng semua," ujarnya.

"Kalau tidak mau ngutang, pajaknya kan harus nambah. Saya naikin pajak ya, mulai dari pedagang kecil, lalu Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) saya turunin. Lalu dibilang jangan dong, Bu, nanti malah membuat keresahan, pertambangan juga lagi lesu, tidak boleh disentuh," Sri Mulyani menambahkan.

"Kalau semuanya tidak boleh, belanja tidak boleh dipotong, tidak boleh dipajaki, tidak boleh utang, kan saya jadinya garuk-garuk kepala," katanya.

Oleh karena itu, Sri Mulyani menegaskan, bahwa berutang itu adalah sebuah pilihan. Utang tersebut, diakuinya, digunakan untuk kegiatan produktif, misalnya membangun infrastruktur, anggaran pendidikan, dan kesehatan, membayar gaji dan THR pegawai serta pensiunan PNS, membangun pembangkit listrik, dan membantu rakyat miskin.

"Jadi ini political choice dan strategic choice. You want invest or you just stop to do anything hanya for the shake of untuk tidak utang saja. Utang itu is responsible policy atau responsible decision, bukan karena kita suka atau tidak, tapi ini choice," tuturnya.

"Lebih baik saya potong (belanja), atau saya collect pajak lebih besar lagi, kemudian masyarakat panik atau kita berutang. Tapi kemudian utang itu kita yakini untuk sesuatu yang produktif tadi," Sri Mulyani meyakini.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, akan berupaya mengelola utang secara baik. Tentunya sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan utang global yang dianut seluruh negara di dunia supaya Indonesia terus maju, sejahtera, tapi tetap menjaga risiko keuangan dan utangnya.

"Pemerintah harus mengelola utang secara baik dan meyakinkan kalau masih sekian, masih baik," pungkas Sri Mulyani.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017, Jadwal Timnas Indonesia

Posted: 30 Jul 2017 09:15 PM PDT

Timnas voli Indonesia akhirnya memastikan satu tempat di babak semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017. Ini merupakan kali pertama timnas Indonesia melangkah sejauh ini. 

Perjalanan Timnas Voli Indonesia tidak mudah. Setelah lolos ke babak 8 besar, pasukan Samsul Jais mendapat perlawanan ketat dari Iran di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (30/7/2017). Dalam duel ini, tim tuan rumah bahkan tertinggal 0-2 (18-25, 18-25). 

Namun Indonesia berhasil bangkit dan merebut tiga set berikutnya. Timnas Voli Indonesia lolos setelah berbalik unggul 3-2 (18-25, 18-25, 25-23, 26-24, 15-11). 

Selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Jepang. Pasukan Matahari Terbit melaju ke semifinal setelah mengalahkan Australia dengan skor 3-0. Ini merupakan kali kedua Indonesia bakal menjajal Jepang setelah di babak penyisihan Gup E sempat kalah 0-3.

Jepang sendiri merupakan juara bertahan Kejuaraan Voli Asia. Tahun lalu, Jepang mengalahkan tuan rumah Iran di final dengan skor 3-1 (17-25, 22-25, 25-18, 22-25)

Sementara itu, dua tim lainnya, yakni Korea Selatan dan Kazakhstan juga berhasil melaju ke semifinal. Keduanya akan bertemu di hari yang sama. Korea Selatan lolos setelah menang 3-0 atas Tiongkok. Sedangkan Khazakstan mengalahkan Taiwan 3-0. 

Hasil Lengkap Babak 8 Besar:
Kazakhstan 3-0 China Taipei (25-22, 25-22, 25-23)
Jepang 3-0 Australia (25-21, 25-16, 25-22)
Korsel 3-0 Tiongkok (25-18, 25-19, 25-23)
Iran 2-3 Indonesia (25-18, 25-18, 23-25, 26-24, 11-15)

Pemain voli putra Indonesia, Rivan Nurmulki (tengah) saat melawan Iran di Perempat Final Kejuaraan Voli Asia 2017 di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (30/7). Indonesia menang 3-2 (18-25, 18-25, 25-23, 25-24, 15-11). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

16:30 WIB: Korsel vs Kazakhstan
19:00 WIB: Indonesia vs Jepang


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Keponakan Setya Novanto Terkait Korupsi E-KTP

Posted: 30 Jul 2017 09:12 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Irvanto Hendra Pambudi. Irvanto yang merupakan keponakan Setya Novanto akan dimintai keterangan untuk sang Ketua DPR yang sudah ditetapkan sebagai tersangka korupsi proyek e-KTP.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (31/7/2017).

Selain Irvanto, penyidik juga akan menggali keterangan dua pihak swasta untuk melengkapi berkas Ketua Umum Partai Golkar tersebut. Mereka adalah Toni dan Yuliana.

"Keduanya juga diperiksa sebagai saksi melengkapi berkas penyidikan SN," ‎kata Febri.

Sebelumnya, tim satgas KPK menggeledah kediaman Irvanto di Komplek Kelapa Hijau Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Juli 2017. Dari penggeledahan ini, tim penyidik menyita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik yang berkaitan dengan proyek e-KTP.

Irvanto juga sudah dicegah ke luar negeri oleh KPK selama enam bulan ke depan. Irvan merupakan mantan Direktur PT Murakabi Sejahtera, salah satu konsorsium yang disiapkan tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong untuk mengikuti tender proyek e-KTP.

Dalam perkara ini, dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto sudah divonis masing-masing tujuh dan lima tahun penjara. Keduanya masih berpikir untuk melakukan banding atau menerima putusan tersebut.

Tersangka ketiga, yakni Andi Narogong, yang diduga sebagai salah satu pemeran utama bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun. Ketua DPR Setya Novanto juga ditetapkan sebagai tersangka.

Politikus Partai Golkar Markus Nari pun ditetapkan sebagai tersangka kelima. Selain tersangka korupsi e-KTP, Markus juga menjadi tersangka penghalang proses penyidikan dan persidangan.

Markus diduga menyuruh Miryam S Haryani untuk mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) dalam sidang. Alhasil, politikus Hanura tersebut ditetapkan sebagai tersangka pemberi keterangan palsu.


Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua MPR Ajak Masyarakat Sedikit Bicara Banyak Kerja

Posted: 30 Jul 2017 09:12 PM PDT

Di hadapan ratusan warga Minang yang tergabung dalam Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Jawa Timur, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengatakan hari Minggu, 30 Juli 2017 merupakan hari kebangkitan orang-orang Minang. Sebab pada hari itu diresmikan nama Rumah Gadang Minangkabau Jawa Timur.

Rumah gadang sebagai tempat segala aktivitas orang Minang di Surabaya dan sekitarnya itu dibangun sejak tahun 1987. Rumah gadang itu berdiri di atas lahan seluas 3500 meter persegi. Berdiri atas semua partisipasi orang Minang di berbagai tempat. Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandtanganan prasasti oleh Oesman Sapta yang sekaligus sebagai Ketua Gebu Minang Pusat.

Sebagai masyarakat yang suka merantau, Oesman Sapta memuji tradisi itu. "Orang Minang merantau ke seluruh tempat di Indonesia bahkan dunia namun tak pernah bikin masalah," ungkapnya. "Orang Minang bisa menempatkan diri," tambahnya. "Orang Minang adalah orang yang cerdas," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam setiap tindakan orang Minang tak pernah melanggar hukum. "Ini bisa dilakukan karena orang Minang menggunakan hati nurani," ungkapnya.

Diharapkan Gebu Minang menjalankan aktivitasnya dengan menerapkan 5 S, yakni strategi, struktur, skill, sistem, serta speed and target. Dengan menggunakan 5 S maka kinerja organisasi bisa terukur. "Kita harus mengukur keberhasilan karena semua akan dipertanggungjawabkan pada ummat," ucapnya.

Oesman Sapta melihat sejarah, banyak kontribusi orang Minang dalam sejarah bangsa. "Orang Minang sejak dulu membangun bangsa," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Oesman Sapta mengajak seluruh masyarakat sedikit bicara banyak kerja. "Jangan terlalu banyak ngomong, mari kita bekerja, tegasnya.

Disampaikan, saat ini pemerintah tengah giat melakukan pembangunan. Diharapkan kita harus jujur mengakui pemimpin yang berbuat nyata.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Elza Syarief Terkait Kasus E-KTP

Posted: 30 Jul 2017 09:08 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Elza Syarief. Pengacara itu akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas tersangka Markus Nari dalam kasus menghalangi penyidikan dan persidangan kasus e-KTP.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MN (Markus Nari)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Selain Elza, penyidik akan meminta keterangan kepada saksi lainnya, yakni Herlina Atmadja yang merupakan pihak swasta. Herlina juga diperiksa dalam kasus yang sama untuk tersangka Markus Nari.

Politikus Golkar Markus Nari diduga menekan mantan Anggota Komisi II DPR Miryam‎ S Haryani, agar memberikan keterangan tidak benar pada persidangan dan mencabut berita acara pemeriksaan (BAP).

Selain itu, Markus diduga mempengaruhi terdakwa Irman dan Sugiharto pada persidangan kasus e-KTP. KPK pun menetapkan Markus sebagai tersangka menghalangi proses penyidikan dan persidangan perkara korupsi tersebut.

Atas perbuatannya, Markus disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana ‎Korupsi (Tipikor) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.‎

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilarang Marah Saat Belimbur, Festival Songkran ala Kutai Erau

Posted: 30 Jul 2017 09:02 PM PDT

Penutupan Festival Adat Kutai Erau atau Erau International Folk Arts Festival (EIFAF) menjadi ajang yang ditunggu-tunggu masyarakat Tenggarong, Kalimantan Timur, dan juga wisatawan lokal serta mancanegara.

Sejak Minggu pagi, 30 Juli 2017, masyarakat berduyun-duyung mendatangi Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, yang kini menjadi Museum Mulawarman. Ribuan pengunjung menunggu setia di halaman keraton.

Apa yang ditunggu-tunggu masyarakat tersebut adalah upacara adat Belimbur. Belimbur adalah ritual penyucian diri setelah pelaksanaan Erau.

"Belimbur mempunyai makna membersihkan diri kita. Selama pelaksanaan Erau, berbagai macam tabiat dan perbuatan yang kita lakukan tanpa menyadari, maka dengan Belimbur akan kembali bersih," ujar Menteri Pelestarian Nilai Budaya Adat Kesultanan Kutai Kartanegara, Haji Aji Pangeran Aryo Kusumo Puger, dilansir Antara.

Belimbur menandai penutupan Festival Adat Kutai Erau atau Erau International Folk Arts Festival (EIFAF) 2017 yang diselenggarakan dari 22 Juli hingga 30 Juli 2017.

Jika dulunya Erau diadakan pada acara besar kesultanan seperti penobatan raja atau pengangkatan putra mahkota, saat ini Erau dilangsungkan setiap tahun sebagai festival budaya. Festival Erau menjadi festival yang ditunggu masyarakat.

Semua bersuka cita dalam Belimbur. Saling serang dengan menyiramkan air. Di halaman Museum Mulawarman, penyiraman dibantu tiga mobil pemadam kebakaran. Dua mobil pemadam kebakaran di dalam lingkungan museum, sedangkan satu mobil lainnya di luar istana persis di tepian Sungai Mahakam.

Belimbur tak hanya berlangsung di sekitar Museum Mulawarman tetapi juga terjadi di setiap sudut kota. Di depan rumah, masyarakat sudah bersiap dengan perlengkapan tempurnya, seperangkat selang yang dialiri air dan ember untuk menyiram pengendara dan pejalan kaki yang lewat.

Di jalan-jalan kota yang berjuluk kota raja tersebut, para muda-mudi saling melemparkan air yang dibungkus di plastik.

Tua dan muda bersuka cita dalam kegiatan penyucian diri tersebut. Semuanya basah, semuanya bergembira ria. Ada satu syarat dalam kegiatan adat ini, yakni masyarakat yang disiram tidak diperkenankan untuk marah.

Sejak sebelum berlangsungnya acara Belimbur, pihak Kesultanan Kutai Kartanegara menjelaskan bahwa pengunjung yang berada di daerah itu wajib basah. Jika tidak ingin basah maka harus menjauh dari lokasi acara itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, Sri Wahyuni, menjelaskan Belimbur harus mengikuti adat, menggunakan air yang bersih dengan tata tertib tidak melukai, dan mempunyai niat yang baik.

"Dengan niat yang baik pula, maka tujuan dari Belimbur untuk penyucian diri tercapai," kata Sri.

Penggunaan air bersih sangat ditekankan sejak awal oleh pihak kesultanan. Pasalnya, banyak juga masyarakat yang menggunakan air selokan untuk menyiram. Tak jarang keributan terjadi dan tentunya merusak makna Belimbur tersebut.

Saksikan video menarik di bawah ini:




Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengapresiasi pentas Festival Erau 2016, pada 20-28 Agustus 2016 di Kota Tenggarong, Kalimantan Timur

Belimbur juga harus dengan niat yang baik dan tak jarang apa yang diinginkan itu terkabulkan. Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari menceritakan pada 2011, dirinya ingin agar kabupaten tersebut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Berkat niat baik dan kerja keras, hal itu tercapai. Kini, Kutai Kartanegara mendapatkan opini WTP selama lima tahun berturut-turut.

Mengulur naga tradisi Belimbur, tak bisa dilepaskan dari Mengulur Naga, yakni tradisi melarungkan replika naga jantan dan betina sepanjang 16 meter ke Kutai Lama yang berada di Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara.

Konon menurut riwayat, naga tersebut awalnya ulat yang ditemukan sepasang suami-istri,Petinggi Hulu Dusun dan Babu Jaruma, saat membelah kayu kasau. Ulat kecil itu kemudian dipelihara dengan baik bak anaknya sendiri. Pasangan suami istri berusia lanjut tersebut memang sangat menginginkan kehadiran anak.

Hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun, ulat itu membesar menjadi naga yang menakutkan masyarakat. Tak ingin menakutkan, naga tersebut kemudian meminta untuk dibuatkan tangga untuk merayap menuju Sungai Mahakam.

Naga tersebut menyelam, timbullah angin topan, air begelombang, hujan, guntur, dan petir bersahutan. Tak lama, permukaan sungai dipenuhi gelembung buih.

Setelah didekati, di gelembung buih itu terdapat bayi perempuan yang berbaring di dalam gong. Gong semakin meninggi dan nampaklah naga menjunjung gong berisi bayi tersebut.

Semakin lama, naga yang menjunjung bayi itu semakin tinggi dan nampaklah binatang aneh yang disebut Lembu Suwana menjunjung naga dan gong. Lembu Suwana dan Naga itu kemudian masuk ke dalam air dan tinggallah gong yang berisi bayi itu.

Menurut hikayat, anak itu di kemudian hari dikenal dengan Putri Junjung Buih atau Putri Karang Melenu yang merupakan ibu dari sultan-sultan Kutai Kartanegara.

Oleh karena itu, pada perayaan Erau selalu dilakukan acara Mengulur Naga. Sesampai di Kutai Lama yang merupakan tempat asal naga, badan naga dilarung sedangkan kepala dan ekornya dibawa ke istana.

"Sedangkan, kainnya yang menjadi pembungkus badan naga dibagikan ke masyarakat. Masyarakat di Kutai Lama berebut mengambil kain tersebut karena dipercaya sebagai pembawa keberuntungan," kata Sri Wahyuni.

Belimbur baru dimulai setelah Air Tuli tiba. Air Tuli merupakan air yang berasal dari tempat suci di Kutai Lama. Air Tuli diambil, kalau sekarang dengan kapal cepat, setelah itu diserahkan ke Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Haji Aji Muhammad Salehuddin II, di rangga tinggi. Rangga titi sendiri yakni balai yang terbuat dari bambu kuning.

Sultan memercikkan Air Tuli ke dirinya sendiri dengan mayang pinang lalu setelah itu, dipercikkan ke orang-orang di sekelilingnya. Saat Sultan memercikkan air ke orang di sekitarnya itulah yang menjadi tanda "Belimbur" dimulai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redam Kelangkaan Garam, Kemendag Manfaatkan Tol Laut

Posted: 30 Jul 2017 09:01 PM PDT

Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar program Gerai Maritim dengan memanfaatkan tol laut. Hal ini salah satunya upaya meredam kelangkaan dan kenaikan harga garam konsumsi.

"Sejak Jumat malam lalu (28 Juli 2017), KM Logistik Nusantara 1 telah bersandar di Tanjung Perak, Surabaya. Kapal ini, salah satunya mengangkut pasokan garam sebanyak 14 kontainer," ujar Direktur Logistik dan Sarana Distrribusi Kemendag Sihard Hadjopan Pohan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (31/7/2017).

Dia menjelaskan, pasokan garam tersebut akan didistribusikan PT Sumatraco (Surabaya) sebesar 100 ton garam curah, UD Bayu Tirta Samudra (Pati) sebesar 80 ton garam curah dan 20 ton garam iodium, dan CV Karya Barokah (Pati) sebesar 80 ton garam curah.

"Hingga saat ini, sudah ada 37 kontainer garam di Sabu yang menanti untuk diangkut," lanjut dia.

Di samping garam, KM Logistik Nusantara 1 juga mengangkut 16 kontainer kemiri, 1 kontainer kopra, dan  2 kontainer besi tua dari Lewoleb. KM Logistik Nusantara 1 ini berangkat dari Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur sejak Rabu (19 Juli 2017).

Kapal ini melewati trayek 3 (voyage 5) yang memiliki rute Tanjung Perak-Calabai (Dompu)-Maumere-Larantuka-Leweoleba-Rote-Sabu-Waingapu-Sabu-Rote-Lewoleba-LarantukaMaumere-Calabai (Dompu)-Tanjung Perak.   

Program Gerai Maritim merupakan upaya mengoptimalkan proyek tol laut yang digagas Presiden Joko Widodo. Selain itu, Gerai Maritim juga berperan mengurangi disparitas harga, menjaga integrasi pasar dalam negeri, dan meningkatkan perdagangan antarpulau.

Dalam pelaksanaannya, program Gerai Maritim memanfaatkan Penyelenggaraan Pelayanan Publik untuk angkutan barang oleh Kementerian Perhubungan dengan tarif kompensasi.

Sebanyak tujuh trayek tol laut dioperasikan PT PELNI. Pada awalnya, trayek tol laut pada awalnya berfokus pada disparitas harga melalui ketersediaan barang di daerah terpencil, terluar, dan perbatasan.

Dalam perkembangannya, terdapat muatan balik dan muatan antarpelabuhan yang  pada umumnya merupakan produk unggulan dan potensial daerah yang juga dapat menjadi komoditas ekspor.

Sinergi Kemendag dan Kemenhub akan semakin intensif, terutama setelah keluarnya Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang Dari dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan.

Sinergi tersebut dapat menjadi model bagi instansi terkait lainnya dalam pengembangan logistik nasional yang mengacu pada enam penggerak utama Sistem Logistik Nasional.

Enam penggerak utama dimaksud yaitu penyiapan komoditas oleh Kemendag didukung dinas kabupaten/kota yang membidang perdagangan, pemberdayaan pelaku dan penyedia jasa logistik yaitu PELNI sebagai operator kapal yang didukung perusahaan ekspedisi dan gerai maritim.

Kemudian, pertukaran informasi dengan pemda dan kementerian yang teribat, pengembangan SDM logistik oleh Kemendag dan pemda, sinkronisasi peratutan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kemenhub, dan Kemendag, dan pembangunan infrastruktur Kemenhub dan Kemendag.‎

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Penalti, Juventus Menang atas Roma di ICC 2017

Posted: 30 Jul 2017 09:00 PM PDT

Penyerang AS Roma, Edin Dzeko melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Juventus di International Champions Cup di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang 5-4 lewat adu penalti. (AP Photo/Michael Dwyer)

Penyerang AS Roma, Edin Dzeko melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Juventus di International Champions Cup di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang 5-4 lewat adu penalti. (AP Photo/Michael Dwyer)

Penyerang Juventus, Mario Mandzukic melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada International Champions Cup di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang adu penalti setelah imbang 1-1. (AP Photo/Michael Dwyer)

Penyerang Juventus, Mario Mandzukic melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada International Champions Cup di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang adu penalti setelah imbang 1-1. (AP Photo/Michael Dwyer)

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mengintruksikan para pemainnya saat berhadapan dengan AS Roma pada International Champions Cup di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang adu penalti setelah imbang 1-1. (AP Photo/Michael Dwyer)

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mengintruksikan para pemainnya saat berhadapan dengan AS Roma pada International Champions Cup di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang adu penalti setelah imbang 1-1. (AP Photo/Michael Dwyer)

Gelandang Juventus, Federico Bernardeschi berusaha mengontrol bola dari hadangan pemain AS Roma,  Gerson saat bertanding di ajang ICC 2017 di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang adu penalti setelah imbang 1-1. (AP Photo/Michael Dwyer)

Gelandang Juventus, Federico Bernardeschi berusaha mengontrol bola dari hadangan pemain AS Roma, Gerson saat bertanding di ajang ICC 2017 di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang adu penalti setelah imbang 1-1. (AP Photo/Michael Dwyer)

Pelatih AS Roma Eusebio Di Francesco mengintruksikan para pemainnya saat berhadapan dengan Juventus pada International Champions Cup di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang adu penalti setelah imbang 1-1. (AP Photo/Michael Dwyer)

Pelatih AS Roma Eusebio Di Francesco mengintruksikan para pemainnya saat berhadapan dengan Juventus pada International Champions Cup di Gillette Stadium, Foxborough (31/7). Juventus menang adu penalti setelah imbang 1-1. (AP Photo/Michael Dwyer)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Corbuzier Minta Haters Anaknya Meledek Pakai Bahasa Inggris

Posted: 30 Jul 2017 09:00 PM PDT

Tak cuma Deddy Corbuzier, putra semata wayangnya, Azka Corbuzier, kerap jadi sasaran haters alias pembenci. Azka pernah mendapat komentar negatif di akun YouTube pribadinya yang berisikan aktivitas serta hobinya sebagai anak-anak.

Hal ini dituturkan oleh sang ayah. Ada beberapa kata tidak pantas yang ditujukan untuk Azka.

Deddy Corbuzier berlatih boxing dengan anaknya (Foto:Instagram)

"Azka bikin YouTube, haters-nya banyak banget. Maaf, ada yang bilang anak idiot, anak tolol," ucap Deddy Corbuzier, di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (30/7/2017).

Beruntungnya, tak semua komentar dimengerti oleh Azka. Seperti diketahui, anak dari pernikahannya dengan Kalina Ocktaranny itu tak terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari.

"Tolong yang mau ngatain Azka di IG atau YouTube-nya gunakanlah bahasa Inggris, soalnya dia enggak ngerti. Serius. Dia dikatain orang kayak dasar anak alay, dia bilang 'what it is?' Malah dilewatin. Jadi kasihan, udah ngatain malah dilewatin, hahaha," ucap Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Meski begitu, Deddy Corbuzier tetap memberi pengertian kepada sang anak. Ia meminta untuk mengabaikan, karena tidak ada gunanya meladeni komentar haters.

"Saya ngajarin dia, coba aja lihat yang ngatain kamu, (foto profilnya) kamu klik. Tampangnya cuma foto polos, enggak ada mukanya. Itu kan sudah ketahuan mukanya aja enggak ada. Jadi ngapain diurusin," jelasnya.

 

Simak video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tipe Wanita Ini Sangat Dihindari Pria, Apa Anda Salah Satunya?

Posted: 30 Jul 2017 09:00 PM PDT

Dalam kehidupan nyata, Anda akan bertemu dengan beberapa jenis orang, dari yang terbaik hingga yang terburuk, salah satunya mungkin adalah tipe wanita. Sebagai seorang wanita, jika Anda merasa sempurna, mungkin saja kenyataannya tidak. Bagaimana cara mengetahuinya?

Dilansir dari yourtango.com, Jumat (28/7/2017), berikut ini adalah beberapa tipe wanita yang sangat dihindari oleh kaum pria, penasaran apakah Anda salah satunya? Simak di sini.

1. Ball Buster
Ini merupakan tipe wanita yang senang mengendalikan sebuah hubungan, menempatkan pasangan setelah dirinya, dan memandang diri sendiri sebagai seorang pemecah masalah. Meskipun mungkin niatnya baik, namun terus menerus meremehkan pasangan juga adalah sikap yang menjengkelkan.

Dengan keinginan untuk mengontrol pasangan, wanita ini merusak pikiran, keinginan, dan menciptakan rasa berkompetisi. Secara tidak disadari, ini dapat merampas maskulinitas dari pria tersebut.

2. Mother
Seperti kedengarannya, tipe wanita ini cenderung rewel dan mudah khawatir. Sosok seperti ini akan menempatkan semua emosional untuknya sendiri, yang jika meledak, semua hal akan menjadi sangat kacau.

3. Love Vixen
Tipe wanita ini mendefinisikan dirinya dengan seksualitas dan jelas mampu menarik siapapun kepada dirinya dengan hal ini. Dengan kata lain, wanita ini akan mengontrol pasangan dengan seks.

Alasannya jelas, karena ia ingin memanipulasi dan memeras pasangan. Dan jelas, setiap hubungan yang landasannya seks cenderung tidak akan bertahan lama.

4. Damsel in Distress
Ini adalah ketika seorang pria menyelamatkan wanita dan mereka kemudian hidup bahagia selamanya. Jenis hubungan yang terdengar romantis, mudah, dan produktif, namun tidak akan berjalan lama, karena tidak semua pria bisa menjadi sosok pahlawan.

Hal-hal seperti ini terlalu tidak realistis dan melelahkan. Pada akhirnya, kaum pria hanya akan membenci ketidakmampuan mereka sendiri.

5. Tease
Tipe wanita penggoda mungkin terdengar dan terlihat menyenangkan pada awalnya. Namun, ini bisa menyebabkan kedua orang di dalam sebuah hubungan merasa tidak puas dan kesepian, karena mereka tidak bisa mengekspresikan diri secara terbuka dan jujur.

6. Accountant
Tipe wanita ini berfokus pada kesetaraan hubungan. Ia bisa melacak pengeluaran yang Anda lakukan secara detail.

Masalahnya adalah sebuah hubungan tidak selalu tentang bisnis, bukan? Jika sebuah hubungan dilandasi oleh bisnis dan bukan cinta, lama kelamaan hubungan tersebut tidak akan terasa menyenangkan dan berakhir begitu saja.

7. Princess
Ketika seorang wanita masuk ke dalam tipe ini, ia tidak lagi mementingkan cinta, namun bagaimana tampilannya adalah hal terpenting. Secara sederhana, ia ingin dipandang seperti sebuah piala.

Ia pandai memainkan berbagai peran seolah hubungan tersebut selalu bahagia, yang pada akhirnya menghilangkan rasa cinta dan koneksi yang nyata. Saat peran tipe wanita seperti ini tidak lagi berfungsi, hubungan tersebut akan benar-benar rusak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Vladimir Putin Usir 755 Staf Diplomatik AS

Posted: 30 Jul 2017 08:56 PM PDT

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan bahwa sebanyak 755 staf diplomatik Amerika Serikat harus meninggalkan negaranya.

Hal tersebut merupakan respons Negeri Beruang Merah atas sanksi AS.

Keputusan untuk mengusir staf AS tersebut telah dibuat sejak Jumat, 28 Juli 2017. Namun, saat ini Putin telah mengonfirmasi bahwa 755 staf AS harus meninggalkan Rusia per 1 September 2017.

"Lebih dari 1.000 bekerja dan masih bekerja di kedubes dan konsulat AS, dan '755 orang harus menghentikan aktivitas mereka di Rusia'," ujar Putin seperti yang disiarkan oleh televisi Rusia.

Rusia juga mengatakan, pihaknya akan menyita properti dan gudang yang digunakan diplomat AS.

Menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Rusia pada Jumat lalu, Putin menginginkan mengurangi diplomat AS yang bertugas di negaranya menjadi 455. Jumlah tersebut sama dengan diplomat Rusia di Amerika.

Dikutip dari BBC, Senin (31/7/2017), Amerika Serikat mengatakan bahwa langkah tersebut disesalkan dan tak diinginkan. "Kami menilai dampak dari pembatasan tersebut dan bagaimana kami akan meresponsnya," ujar seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS.

Putin mengatakan, ia tak ingin melakukan tindakan lebih lanjut. Namun, ia juga mengatakan bahwa dirinya tak dapat melihat hubungan yang dapat berubah kapan saja.

"Kami telah menunggu cukup lama, berharap bahwa situasi akan berubah membaik," ujar Putin, merujuk tentang hubungan Rusia dengan AS.

"Namun tampaknya jika situasi berubah, tak akan terjadi dalam waktu dekat," imbuh dia.

Sanksi baru AS yang dijatuhkan terhadap Rusia merupakan pembalasan, baik untuk aneksasi Rusia terhadap Krimea pada 2014 dan campur tangan terhadap pilpres AS.

Sanksi baru AS terhadap Rusia disetujui oleh Kongres, meski ada keberatan dari Gedung Putih.

Pada Desember 2016, Pemerintahan Obama memerintahkan penyitaan dua aset diplomatik Rusia dan mengusir 35 diplomatnya. Langkah tersebut merupakan tanggapan terhadap dugaan peretasan Partai Demokrat saat Hillary Clinton berkampanye dalam pilpres AS.

Badan intelijen AS meyakini bahwa Rusia mencoba memengaruhi pilpres AS. Saat ini ada sejumlah penyelidikan untuk mencari tahu apakah ada tim kampanye Donald Trump yang membantu upaya tersebut.

Rusia kerap membantah campur tangan terhadap pilpres AS dan menegaskan bahwa tidak ada kolusi.

 

Simak video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Hadiri Halal Bihalal Masyarakat Sumatera Bagian Selatan

Posted: 30 Jul 2017 08:54 PM PDT

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri halal bihalal masyarakat Sumatera Bagian Selatan yang tergabung dalam Badan Koordinasi Masyarakat Sumbagsel (BKMS) di gedung Nusantara V, kompleks Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Minggu (30/7).

Dalam kesempatan itu, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa silaturahmi ini adalah pertemuan untuk lebih mengenal masyarakat Sumatera bagian selatan sekaligus mengobati kerinduan pada kampung halaman.

"Dalam silaturahmi ini yang belum kenal akan saling kenal, yang sudah kenal akan semakin akrab. Jika sudah kenal dan akrab bisa saling membantu dan mendukung satu sama lain," katanya.

Diungkapkan Zulkifli Hasan, dalam tataran elit, silaturahmi ini mempertemukan sekaligus para Gubernur, Bupati dan Walikota se Sumbagsel.

"Sinergitas antar pimpinan daerah tersebut pada akhirnya akan memikirkan pembangunan dan kesejahteraan rakyat daerah secara keseluruhan. Setidaknya kita harapkan Sumatera akan semakin mengejar ketertinggalan dengan daerah lain terutama pulau Jawa," ujarnya.

Kepada para Pimpinan daerah tersebut, Zulkifli Hasan menegaskan juga bahwa tantangan bangsa saat ini secara keseluruhan adalah mulai susutnya pemahaman anak bangsa akan nilai-nilai luhur bangsa terutama Pancasila.

Nilai-nilai luhur tergerus oleh nilai-nilai materi atau uang. Saat ini siapa yang terhormat dan mulia adalah yang memiliki finansial yang kuat.

"Untuk itulah, marilah semua kembali kepada nilai-nilai luhur bangsa. Pimpinan daerah harus memulai yang kemudian akan menular kepada masyarakat," imbuhnya.

Selain soal nilai, Zulkifli Hasan juga mengupas soal kesenjangan yang makin luas di masyarakat. Tidak dapat dipungkiri kesenjangan masih menjadi momok mengkhawatirkan bangsa Indonesia.

"Masalah kesenjangan tidak bisa dipandang remeh. Jika kesenjangan bisa diminimalisir maka perlahan semua dampak negatif kemiskinam tersebut akan hilang dengan sendirinya" tandasnya.

Hadir mendampingi Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua BKMS Jimly Asshiddiqie, Tokoh nasional Aburizal Bakrie, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Sekretaris Daerah Lampung Sutono.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Tumbalkan 3 Gelandang di Bursa Transfer

Posted: 30 Jul 2017 08:45 PM PDT

AC Milan bergerak cepat dengan mendatangkan sepuluh pemain dan kebanyakan memiliki peran di lini tengah. Mereka baru saja menyelesaikan transfer Lucas Biglia, Franck Kessié dan Hakan Calhanoglu, yang mengisyaratkan kepergian pemain lama.

Reporter Calciomercato Daniele Longo secara eksklusif menganalisa peluang kepergian gelandang José Sosa musim panas ini. Padahal  playmaker Argentina tersebut ingin tinggal di San Siro sampai berakhirnya kontrak.

Boca Juniors tertarik untuk meminjam mantan bintang Besiktas ini. Namun AC Milan hanya ingin menjualnya secara permanen, permintaan yang tak mungkin dikabulkan Boca karena persoalan biaya transfer yang besar.

Jika Sosa memutuskan untuk tetap tinggal di klub, Rossoneri bisa meminjamkan Manuel Locatelli. Daniele Longo membocorkan agenda pertemuan antara Boca dan Milan dalam beberapa jam mendatang untuk membahas transfer potensial pemain tersebut.

Sedangkan kapten klub Riccardo Montolivo, pemain tersebut jelas tak nyaman dengan statusnya di AC Milan. Namun klub diyakini tidak akan mendorong sang kapten untuk meninggalkan tim.

Sementara José Mouri dapat dilepas sebagai pinjaman atau kesepakatan permanen. Kabar terakhir pelatih Bologna Roberto Donadoni tertarik dengan pemain Argentina tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Panggung Musik di Pemakaman Chester Bennington

Posted: 30 Jul 2017 08:40 PM PDT

Sembilan hari setelah kematiannya, Chester Bennington akhirnya dibaringkan di peristirahatan terakhirnya. Vokalis Linkin Park tersebut, dimakamkan di South Coast Botanic Garden di Rancho Palos Verdes, California, pada Sabtu (29/7/2017).

Dilansir dari Billboard, Senin (31/7/2017), upacara pemakaman ini dilengkapi dengan panggung besar yang digunakan untuk penampilan sejumlah musikus yang hendak memberi penghormatan pada Chester Bennington. Dilaporkan pula bahwa sekitar 200 teman dan keluarga hadir dalam upacara yang digelar secara privat ini.

Chester Bennington [foto: Instagram/chesterbe]

Salah satu yang hadir dalam acara ini adalah Justin Carlile, mantan anggota band metal Of Mice and Man. Ia mengunggah foto yang menampilkan kartu pengenal VIP bergambar Chester Bennington, untuk masuk ke upacara pemakaman.

"Upacara hari ini sangat indah. Terima kasih Linkin Park, terima kasih Chester. Untuk segalanya," tulis Justin Carlile.

Chester Bennington meninggal dunia di usia 41 tahun pada 20 Juli lalu, tepat di hari ulang tahun ke-53 sahabatnya, Chris Cornell, vokalis Audioslave dan Soundgarden. Keduanya tewas dengan cara serupa, yakni gantung diri.

Tato di lengan Chester Bennington. (foto: wolvesband.com)

Personel Linkin Park telah memberikan sejumlah penghormatan untuk Chester Bennington. Grup yang dikenal publik lewat lagu "In The End" dan "Crawling" ini, merilis sebuah situs untuk Chester, yang juga berisi kampanye pencegahan bunuh diri.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai Rawit Merah dan Bawang Merah Kompak Turun

Posted: 30 Jul 2017 08:40 PM PDT

Harga cabai rawit merah dan bawang merah turun di awal pekan ini. Hari ini, pedagang pasar tradisional menjual cabai rawit merah seharga Rp 40 ribu per kilogram (kg), sementara bawang merah dijual dengan harga Rp 30 ribu per kg.

Sutamaaji (50), pedagang Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, harga cabai rawit merah pada pekan lalu Rp 50 ribu per kg. Artinya, harga turun Rp 10 ribu per kg. Sementara, bawang merah mencapai Rp 35 ribu per kg atau turun Rp 5.000 per kg.

Dia mengatakan, banyaknya pasokan membuat harga kedua komoditas ini turun. "Ini harga lagi anjlok, lagi musim ini. Kalau ditahan enggak bisa," kata dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Senin (31/7/2017).

Sutamaaji menjelaskan, di Pasar Induk Kramat Jati cabai rawit merah dijual seharga Rp 30 ribu per kg. Di pasar tersebut, Sutamaaji biasa memasok cabai rawit merah.

"Bawang merah dari sana (Pasar Induk) Rp 25 ribu per kg, jualnya Rp 30 ribu per kg," ungkap dia.

Berikut harga pangan pantauan Liputan6.com:

1. Cabai rawit merah dan keriting merah

Harga cabai rawit merah turun dari pekan sebelumnya Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg pada pekan ini. Sementara cabai keriting stabil di Rp 25 ribu per kg.

2. Bawang merah dan putih

Harga bawang merah turun Rp 5 ribu per kg. Pekan lalu, bawang merah dijual Rp 35 ribu per kg, sedangkan awal pekan ini Rp 30 ribu per kg. Bawang putih stabil Rp 35 ribu per kg.

3. Komoditas lain

Harga komoditas lain terpantau stabil sejak pekan lalu. Harga kol Rp 8 ribu per kg, sawi Rp 8 ribu per kg, daun bawang Rp 20 ribu per kg.

Lalu, tomat Rp 8 ribu per kg, kentang Rp 16 ribu per kg, wortel Rp 10 ribu per kg. Timun dibanderol dengan harga Rp 8 ribu per kg, buncis Rp 15 ribu per kg, kacang panjang Rp 12 ribu per kg. Terong dan oyong masih sama yakni Rp 10 ribu per kg.

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Menantang Nyali dalam Kompetisi Menyelam Tradisional di Bosnia

Posted: 30 Jul 2017 08:40 PM PDT

Peserta melakukan lompatan dari atas jembatan Mostar selama kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Para peserta dari Bosnia dan negara-negara tetangga itu melakukan lompatan dari ketinggian 25 meter. (AP Photo/Amel Emric)

Peserta melakukan lompatan dari atas jembatan Mostar selama kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Para peserta dari Bosnia dan negara-negara tetangga itu melakukan lompatan dari ketinggian 25 meter. (AP Photo/Amel Emric)

Penonton menyaksikan peserta melompat dari jembatan Mostar selama kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Total 41 peserta dari Bosnia dan negara tetangga mengikuti kompetisi menyelam tahunan tersebut. (AP Photo/Amel Emric)

Penonton menyaksikan peserta melompat dari jembatan Mostar selama kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Total 41 peserta dari Bosnia dan negara tetangga mengikuti kompetisi menyelam tahunan tersebut. (AP Photo/Amel Emric)

Penonton menyaksikan peserta melompat dari jembatan Mostar pada kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Para peserta dari Bosnia dan negara tetangga itu melakukan lompatan dari ketinggian 25 meter. (AP Photo/Amel Emric)

Penonton menyaksikan peserta melompat dari jembatan Mostar pada kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Para peserta dari Bosnia dan negara tetangga itu melakukan lompatan dari ketinggian 25 meter. (AP Photo/Amel Emric)

Seorang peserta melompat dari jembatan saat mengikuti acara kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Total 41 peserta dari Bosnia dan negara-negara tetangga mengikuti kompetisi menyelam tahunan tersebut (AP Photo/Amel Emric)

Seorang peserta melompat dari jembatan saat mengikuti acara kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Total 41 peserta dari Bosnia dan negara-negara tetangga mengikuti kompetisi menyelam tahunan tersebut (AP Photo/Amel Emric)

Peserta melakukan lompatan dari atas jembatan Mostar selama kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Para peserta dari Bosnia dan negara-negara tetangga itu melakukan lompatan dari ketinggian 25 meter. (AP Photo/Amel Emric)

Peserta melakukan lompatan dari atas jembatan Mostar selama kompetisi menyelam tradisional ke 451 di Mostar, Bosnia, Minggu (30/7). Para peserta dari Bosnia dan negara-negara tetangga itu melakukan lompatan dari ketinggian 25 meter. (AP Photo/Amel Emric)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemondokan untuk Jemaah Calon Haji Indonesia di Mekah Sudah Siap

Posted: 30 Jul 2017 08:35 PM PDT

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi daerah kerja Mekah (Daker Mekah) melakukan serah terima kunci dari pihak hotel yang akan ditempati jemaah calon haji Indonesia. Para jemaah calon haji Indonesia ini akan masuk Kota Mekah pada 6 Agustus 2017 secara bergelombang dari Madinah.

Ada sebanyak 5.568 kunci kamar yang diserahkan manajemen Al Keswah Towers Hotel kepada PPIH Daker Mekah. Seluruh kamar yang tersebar di lima tower tersebut akan diisi oleh 21.801 jemaah.

Kadaker Mekah Nasrullah Jassman mengatakan, serah terima kunci sebenarnya dilakukan pada H-5 sebelum kedatangan kloter pertama dari Madinah. Ini sesuai dengan kontrak antara Kantor Urusan Haji Indonesia dengan pemilik hotel. Namun, manajemen Al Keswah Towers Hotel telah siap dan ingin langsung menyerahkan kunci kamar.

Menurut dia, pihak manajemen hotel telah menyiapkan kamar dan fasilitas pendukung sesuai standar yang ditelah disepakati dalam kontrak kerja.

"Mereka sudah siap tujuh hari sebelum jemaah datang. Tapi dua hari lagi, seluruh pemilik yang hotel digunakan jemaah haji harus menyerahkan kunci kamar mereka," kata Nasrullah Jasman kepada tim Media Center Haji (MCH) Mekah, Senin (31/7/2017).

Dia mengatakan, Hotel Al Keswah merupakan pemondokan terbesar untuk jemaah haji Indonesia. Jemaah yang mengisi hotel ini mencapai 53 kloter.

"Akan diisi 53 kloter dengan jumlah jumlah jemaah lebih dari 2 ribu. Hotel ini jaraknya juga paling dekat dari Masjidil Haram, hanya sekitar 900 meter," tutur Nasrullah.

Sementara itu, Director Guest Service Hotel Al Keswah, Jamal Sufi Ismail memastikan akan memberi pelayanan yang maksimal kepada jemaah haji Indonesia. Seluruh fasilitas dalam hotel telah dicek dan dapat digunakan jemaah.

Manajamen juga fokus untuk menjaga kenyamanan dan keamanan jemaah. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada jemaah haji Indonesia agar tidak memasak dan merokok dalam kamar.

"Keamanan sangat menjadi perhatian kita. Jangan memasak di kamar. Ini pesan kepada seluruh jemaah," ujar Jamal.


Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sawah Petani Rawan Kekeringan, Debit Air Irigasi Makin Diirit

Posted: 30 Jul 2017 08:33 PM PDT

Ribuan hektare lahan pertanian yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat mulai merasakan dampak kekeringan akibat musim kemarau yang melanda saat ini.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Tatang Hidayat mengatakan, musim kemarau yang tengah berlangsung saat ini mulai menunjukkan dampak signifikan bagi lahan pertanian warga.

Beberapa titik areal pertanian di wilayah selatan dan utara Garut terdeteksi mulai terancam kekeringan pada musim kemarau tahun ini. "Memang belum ada laporan, tapi ada (rawan kekeringan) terutama di utara dan selatan," ujarnya, Jumat, 28 Juli 2017.

Untuk itu, pihaknyaa mulai menginstruksikan para Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) tiap kecamatan untuk mengatur debit air irigasi saat mengairi area pertanian warga. "Khusus irigasi yang sumbernya memang bagus, baik, cukup, harus dapat dibagi airnya agar cukup," kata dia.

Beberapa area pertanian yang menjadi perhatiannya antara lain di wilayah utara mulai Cibatu, Malangbong, Limbangan, Leuwigoong dan Banyuresmi, serta daerah Garut selatan mulai kecamatan Pameungpeuk, Cibalong dan Cikelet.
     
"Biasanya lahan yang dilanda kekeringan itu sawah (tanaman padi). Sawah itu tidak mungkin bisa tanam di lahan tadah hujan," katanya.

Selain mengatur debit air irigasi, ia juga meminta beberapa UPTD untuk mengimbau warga agar beralih tanam dari padi ke palawija seperti jagung, atau kacang-kacangan yang tidak terlalu banyak membutuhkan pasokan air.

"Kalau petani memaksa, khawatir akan rugi," ujar Tatang.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Bulan Patuh Trotoar Dimulai Besok

Posted: 30 Jul 2017 08:32 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat telah menandatangani Instruksi Gubernur terkait Bulan Patuh Trotoar. Kebijakan tersebut akan dimulai Selasa, 1 Agustus.

"Agustus ini kita bulan tertib trotoar dan saya sudah tanda tangani instruksi gubernurnya, dimulai besok," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (31/7/2017).

Djarot berharap dengan adanya penertiban secara masif dapat mengubah perilaku warga Jakarta yang kerap menggunakan trotoar sebagai jalan motor, parkir dan berjualan.

"Kami ingin ada perubahan perilaku dari masyarakat kita, supaya kalau menggunakan jalan itu harus sesuai dengan fungsinya. Trotoar untuk jalan kaki, bukan untuk motor atau mobil, bukan untuk jualan. Waktu itu saya sampaikan kalau trotoar lebar banget, pinggir trotoar itu dikasih tanaman," ungkap Djarot.

Mantan Wali Kota Blitar itu juga mengingatkan, penempatan pot tanaman adalah di pinggir trotoar bukan di tengah.

"Saya waktu itu marah besar karena ada pot atau tanaman bunga itu ada di tengah-tengah trotoar. Itu yang membuat orang pejalan kaki terhambat. Itu harusnya minggir," tandas Djarot.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham Saingi Inter Kejar Dua Bintang Liga Prancis

Posted: 30 Jul 2017 08:30 PM PDT

Inter Milan mendapat persaingan dari Tottenham Hotspurs dalam perburuan winger Caen, Yann Karamoh. Spurs muncul di saat Inter sudah nyaris mendapatkan tanda tangan pemain berusia 19 tahun itu. 

Dilansir Sky Sport Italia, Inter tadinya diyakini akan mencapai kesepakatan dengan Caen di awal pekan ini. Akan tetapi, media Inggris, The Sun, memberitakan bahwa Tottenham Hotspurs siap mengadang langkah Inter. Tak cuma Spurs, klub London lainnya, Arsenal, juga ikut meramaikan.

Meski Karamoh sudah menyatakan keinginan untuk bergabung dengan Inter, tawaran dari dua klub Inggris tersebut diyakini bakal menggoyahkan niatnya.

Adapun kontrak Karamoh bersama Caen akan berakhir Juni 2018. Musim lalu, ia menyumbang 5 gol dan 4 assist dalam 35 pertandingan di Ligue 1.

Selain Karamoh, Tottenham juga menyaingi Inter dalam mengejar pemain dari Liga Prancis lainnya, yakni gelandang Paris Saint-Germain (PSG), Serge Aurier. Pemain asal Pantai Gading itu semula juga diincar oleh Juventus, Barcelona, dan Manchester United. Namun, PSG menolak.

Belakangan, PSG menyatakan bahwa hanya tinggal Inter dan Spurs yang bisa mendapatkan Aurier. Les Parisien memasang banderol senilai 25 juta euro untuk gelandang berusia 24 tahun itu.

Menurut laporan Corriere dello Sport, Inter akan mencoba melobi PSG melalui Vincenzo Morabito, agen yang sudah berpengalaman, untuk mendapatkan Aurier. Salah satu trik yang akan dilakukan I Nerazzuri adalah menawarkan Joao Mario, yang diminati oleh PSG.

PSG sebelumnya sempat diberitakan akan menebus Mario seharga 30 juta euro plus Aurier. Namun, belum ada konfirmasi mengenai kabar tersebut. 

Sementara itu, Aurier sendiri akan mempertimbangkan matang-matang ke mana dia akan melangkah antara kedua klub tersebut. Inter absen di kompetisi Eropa musim ini setelah hanya finis di peringkat ketujuh Serie A musim lalu. Sedangkan Tottenham akan berlaga di Liga Champions.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sharing Session Komunitas Parkour Bali “How To Jump Your Limit”

Posted: 30 Jul 2017 08:30 PM PDT

Gerakan Parkour bagi sebagian orang awam dianggap berbahaya dan bisa menimbulkan cedera. Namun, bila dilakukan dengan tepat bisa menciptakan suatu seni berpindah tempat yang indah dan aman.

Seperti diungkapkan Ida Bagus Tantra, Ketua Komunitas Parkour Bali di acara sharing session yang diadakan pada hari Sabtu (29/7) 2017 di Pelataran Parkir Eiger Adventure Flaship store JL Sunset Road Barat No 104 Seminyak Bali.

Gus Tantra juga memaparkan sejarah berkembangnya Parkour yang berawal dari Benua Afrika hingga bisa berkembang di Bali.

Komunitas Parkour di Bali mulai berkembang sekitar tahun 2009. Kala itu peminatnya masih sedikit dan latihannya masih di sebuah rumah kosong yang tidak dihuni. Gus Tantra menjelaskan, Parkour bukanlah sebuah kompetisi seperti olahraga pada umumnya yang ada hanya jamming (latihan bersama).

Foto: Istimewa

Untuk masalah lokasi latihan, Komunitas Prkour banyak memanfaatkan ruang publik untuk latihannya seperti pantai, lahan kosong, taman kota, hingga tempat gimnastik.

"Pemerintah belum memfasilitasi sebuah Parkour Park untuk latihan Komunitas ini, kadang kami ditegur petugas keamanan karena meloncati pagar dan melakukan gerakan parkour di ruang publik" ungkap Arif selaku Humas Parkour Bali.

Penikmat Parkour ternyata tidak hanya untuk kaum Adam saja. Kaum hawa pun banyak tertarik menekuni olahraga yang memacu adrenalin ini. Diah, salah seorang praktisi parkour bertuturt, dirinya mengikuti Parkour karena tertarik dengan gerakannya yang indah.

"Kawan-kawan wanita jangan takut bergabung dengan Parkour, Parkour itu cocok bagi kalian yang ingin menambah inner beauty kalian" pungkasnya.

Parkour Bali juga rutin mendelegasikan anggotanya untuk mengikuti kegiatan berskala regional, nasional bahkan internasional. Misalnya Widio Putra yang pernah mengikuti kegiatan Lion City Gathering 2017 di Singapura.

"Mengikuti jamming-jamming internasional seperti LCG 2017, kita bisa menambah wawasan tentang Parkour di dunia bahkan belajar gerakan-gerakan yang belum ada di Indonesia" jelasnya.

Komunitas Parkour Bali rutin melakukan kegiatan latihan regular setiap hari Jumat malam di Lapangan Puputan Badung. Latihan ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya.

Penulis:

Herdian Armandhani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersiap, Oppo Akan Rilis F3 Edisi Khusus untuk Fans Barcelona

Posted: 30 Jul 2017 08:30 PM PDT

FC Barcelona baru saja memenangkan pertandingan International Champions Club (ICC), kemarin, 30 Juli 2017. Klub asal Catalan itu berhasil mengalahkan rival abadinya, Real Madrid, dengan skor 3-2 di pertandingan yang berlangsung di Miami, Amerika Serikat.

Menyambut trofi pertama tersebut, Oppo sebagai partner resmi FC Barcelona pun turut menghadirkan perangkat khusus. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu akan meluncurkan seri F3 FCB Limited Edition.

"Kemenangan FC Barcelona pada perhelatan ICC 2017 ini kami buat lebih spesial, terutama untuk fans Indonesia. Sebab, kami akan merilis produk F3 FC Barcelona Limited Edition dalam waktu dekat," tutur Brand Manager Oppo Indonesia, Alinna Wenxin dalam keterangan resmi yang diterima Senin (31/7/2017).

Memurut Alinna, perangkat ini akan membawa semangat Blaugrana dengan mengusung warna dasar merah sebagai kebanggaan FC Barcelona. Rencananya, Oppo F3 FC Barcelona Limited Edition ini akan diperkenalkan secara resmi pada awal Agustus 2017.

Mengingat ini merupakan edisi khusus, penjualan F3 FC Barcelona Limited Edition ini akan dijual secara terbatas. Namun Oppo belum mengungkap jumlah dan harga yang ditawarkan dari perangkat edisi spesial ini.

Sekadar informasi, ini merupakan kali kedua Oppo merilis edisi khusus FC Barcelona. Tahun lalu, Oppo juga meluncurkan seri F1 Plus FC Barcelona Edition yang dijual secara terbatas di Indonesia.

Ketika itu, Oppo hanya hanya menyediakan 10 unit perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 6.499.000. Namun karena edisinya yang sangat terbatas, harga jual perangkat ini sempat melambung hingga Rp 35.000.000.

Untuk spesifikasi, Oppo F3 didukung dengan chipset MediaTek MT6750T6 dan RAM 4GB. Oppo F3 memiliki memori internal 64GB yang dapat diperbesar hingga 128GB menggunakan microSD.

Dari segi fotografi, smartphone ini memiliki kamera selfie ganda yang masing-masing beresolusi 16MP dan 8MP. Sementara kamera utamanya beresolusi  13 MP dengan bukaan lensa f/2.2, fitur PDAF dan LED flash.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaga Kesehatan Otak dengan Alpukat

Posted: 30 Jul 2017 08:30 PM PDT

Jika Anda ingin menjaga daya ingat tetap tajam, konsumsilah makanan yang mengandung lutein, misalnya alpukat.

Seperti dikutip dari laman Men's Health, Senin (31/7/2017), penelitian terbaru di Frontiers in Aging Neuroscience menunjukkan, orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lutein mengalami respons otak yang stabil.

Untuk membuktikan hal tersebut, peneliti mengukur kadar karotenoid spesifik yang disebut lutein pada 60 orang yang berusia 25 sampai 45 tahun. Kemudian, peneliti mengukur aktivitas otak dan respons neuron mereka saat melakukan tugas yang berat.

Hasilnya, orangtua yang memiliki tingkat lutein lebih tinggi menunjukkan respons saraf yang lebih sesuai dibandingkan dengan rekan mereka yang lebih muda dengan kadar lutein yang lebih rendah.

Tampaknya lutein memainkan peran protektif di otak. Orang-orang dengan tingkat lutein yang lebih tinggi dapat mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Penelitian tersebut tidak menunjukkan seperti apa tepatnya nutrisi tersebut membantu. Meski demikian, penelitian terbaru menunjukkan lutein memiliki fungsi anti inflamasi dan membantu meningkatkan fungsi otak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipukuli Orang Tak Dikenal, Dicky SMASH Babak Belur

Posted: 30 Jul 2017 08:30 PM PDT

Berita tak menyenangkan kembali datang dari Dicky SMASH. Pria asal Bandung ini telah mengalami tindak pidana pengeroyokan orang tak dikenal pada Sabtu (29/7/2017).

Hal tersebut terungkap setelah salah satu akun gosip mengunggah bukti laporan Dicky SMASH di Instagram. Dalam laporannya itu, pria bernama asli Dicky Muhammad Prasetya itu mengalami pengeroyokan saat keluar dari gedung di sekitaran Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan.

Akibat pengeroyokan itu, Dicky SMASH dan asistennya mengalami luka memar di beberapa bagian di tubuhnya. Melalui Instagram Story, Dicky SMASH juga mengunggah video saat menjalani visum di Rumah Sakit.

"Jadi guys, ini hasil pengeroyokan aku Sabtu pagi kemarin...bibir aku bengkak karena ditonjok, tulang engsel bahu kanan ku geser kepala belakang saya benjol dan dada saya kegores," ungkapnya dalam keterangan foto yang diunggah pada Minggu (30/7/2017).

Foto : Instagram

Terkait dengan kejadian tersebut Dicky SMASH sudah menyerahkan semuanya kepada pihak kepolisian untuk mengusut empat orang pelaku pengeroyokan.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Novel Baswedan Belum Tuntas, Jokowi Panggil Kapolri

Posted: 30 Jul 2017 08:27 PM PDT

Sejak 11 April lalu, pelaku penganiayaan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan belum tertangkap. Sehingga muncul sejumlah anggapan bahwa pihak kepolisian tidak berani mengungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Terbang Anggota TNI AL Pukul Petugas Soetta

Posted: 30 Jul 2017 08:25 PM PDT

Orangtua TNI AL yang memukul petugas Avsec di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta (Soetta), akhirnya bisa terbang ke Jayapura tanpa harus membayar Rp 9 juta. Penerbangan akan dilakukan, Senin 31 Juli 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UKM Minta Biaya Pengurusan Sertifikasi Halal Terjangkau

Posted: 30 Jul 2017 08:22 PM PDT

Pengusaha meminta pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) memberi kemudahan pengurusan sertifikasi halal. terutama bagi pengusaha kecil dan menengah (UKM) di daerah.

Dari sisi biaya, UKM juga diharapkan bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan kemudahan proses pengurusan administrasi.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) Adhi Lukman, mengatakan saat ini yang perlu dibangun bersama, adalah bagaimana jaminan halal berlaku dari hulu sampai hilir.

Persepsi pengurusan sertifikasi halal yang harus mengantre dan berbelit, diharapkan juga bisa ditepis lembaga BPJPH.

Selain itu, BPJPH harus memerhatikan para pengusaha skala kecil menengah agar bisa mengurus sertifikasi halal dengan mudah dan murah karena bisa menjadi nilai lebih bagi produk jasa yang diberikan ke konsumen. 

"Bantuan ke UKM tidak sekadar sertifikasi. Karena sertifikat hanya selembar kertas. Yang penting bagaimana sertifikat jaminan halal dilaksanakan, sehingga jaminan halal bisa dipastikan," terang Adhi.

Harapan itu juga disampaikan Itmamul Khuluq (30), pengusaha dan peternak telur puyuh di daerah Boyolali, Jawa Tengah. 

Khuluq, pendiri CV Holstein Indonesia (Holind) mengatakan, pelaku UKM di daerah yakin sertifikasi halal akan meningkatkan kepercayaan konsumen. "Saya optimis, sertifikasi halal akan meningkatkan penjualan minimal kepercayaan ke produk UKM semakin baik," ujar Khuluq.

Dia mengaku terkait biaya pengurusan sertifikasi halal tidak perlu gratis. Sebab UKM sadar bahwa untuk naik kelas memerlukan biaya. "Tapi yang penting terjangkau," ujar dia.

Hal lain yang harus diberikan ke UKM yakni kemudahan akses ke proses sertifikasi dan juga informasi detail terkait kepengurusannya. Meski ada produk UKM yang sifatnya mudah, sebisa mungkin juga mudah dari sisi uji dan proses sertifikasi. Misalnya yang bersifat komoditas langsung yang tidak terlalu banyak proses dari sisi produksi.

Harapan lain, perlu ada pendampingan teknis bagi para pelaku UKM ketika mengurus sertifikasi. Sebab seringkali para UKM bukan tidak mau mengurus, namun tidak tahu informasi maupun prosedur secara benar. Ini apalagi UKM masih terlalu sibuk dengan menjaga dan memperbesar pasar, mengelola keuangan, serta mendidik karyawan. 

Selain itu, kata dia, agaar UMKM bisa semangat mengajukan proses sertifikasi halal, perlu dibuat komunitas sehingga bisa ada proses membagi pengalaman misalkan terkait pengurusan sertifikasi halal ini.

Tonton video menarik berikut ini:



 


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Film Dunkirk Dilarang Duduk di Lokasi Syuting

Posted: 30 Jul 2017 08:20 PM PDT

Para pemain film Dunkirk ternyata mengalami sedikit penderitaan saat syuting film yang berada di era Perang Dunia II itu. Dalam sebuah wawancara dengan Independent, aktor Mark Rylance mengungkapkan adanya larangan untuk membawa kursi dan botol minuman ke lokasi syuting.

Seperti dilaporkan Ace Showbiz, akhir pekan lalu, permintaan tersebut berasal dari sang sutradara Dunkirk, Christopher Nolan. "Benar-benar begitu. Dia sangat suka menggunakan film dan segala sesuatu menjadi nyata di depan kamera, jadi ada banyak teknik lama yang digunakan dalam film ini untuk membuatnya terlihat nyata," kata Mark Rylance.

Aktor Mark Rylance. (theguardian.com)

"Nyala api di atas air dan orang-orang berenang di dalamnya. Dia benar-benar ingin meminimalkan jumlah proses pasca-produksi dan CGI. Dia melakukan hal-hal seperti dia tidak suka ada kursi di lokasi untuk aktornya atau botol air, dia sangat khas," ucap Rylance.

Salah satu rekan Mark Rylance, Barry Keoghan, menjelaskan alasan di balik keinginan Christopher Nolan itu. "Mereka adalah gangguan, suara (botol) mereka hampir seperti mainan, seperti ada mainan. Tak ada kursi membuatmu tetap berjinjit, secara harfiah," lanjutnya.

Cuplikan film Dunkirk (IMDb/Warner Bros)

Meskipun begitu, Mark Rylance mengaku sangat menikmati bisa bekerja sama dengan Christopher Nolan dan istrinya yang juga produser Dunkirk, Emma Thomas. "Terasa seperti saat kau terlibat dalam sebuah film pelajar dan di situ ada sebuah pasangan,"katanya.

Dunkirk juga melibatkan penyanyi Harry Styles dan aktor Tom Hardy. Film ini telah tiba di bioskop Indonesia sejak pekan lalu dan menuai banyak ulasan positif dengan pendapatan cukup besar di awal penayangannya.

Simak juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencuri Bus Transjakarta Diduga Alami Gangguan Jiwa

Posted: 30 Jul 2017 08:18 PM PDT

Polisi akan memeriksa kondisi kesehatan jiwa pencuri bus Transjakarta. Pria bernama Sentot Setiadi itu diduga mengalami gangguan kejiwaan lantaran sempat meracau dan keterangannya berubah-ubah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bareskrim Gagalkan Penyelundupan 1,2 Juta Ekstasi Asal Belanda

Posted: 30 Jul 2017 08:17 PM PDT

Genderang perang narkoba terus ditabuh. Setelah pengungkapan 1 ton sabu dan 300-an kilogram (kg) sabu asal Taiwan, kini aparat berhasil menggagalkan penyelundupan 1,2 juta ekstasi asal Belanda.

Pengungkapan ini adalah hasil kerja sama Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dengan Bea Cukai Kementerian Keuangan. Upaya menggagalkan penyelundupan narkoba besar ini dipimpin langsung AKBP Alamsyah.

"Berhasil mengungkap sindikat jaringan internasional narkotika jenis ekstasi dari Belanda dengan jumlah barang bukti 120 bungkus yang dikemas dalam plastik aluminium," kata Direktur Tipid Narkoba Brigjen Eko Daniyanto, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (31/7/2017).

Masing-masing bungkus berisi ekstasi itu memiliki berat 2,2 kilogram dengan taksiran berat per butir ekstasi adalah 0,2 gram atau 10 ribu butir tiap bungkus.

"Total 1,2 juta butir (ekstasi)," kata jenderal polisi bintang satu ini.

Penangkapan dilakukan sekitar pukul 18.45 WIB, Jumat 21 Juli 2017. Aparat saat itu menangkap tersangka LKC alias Acung yang menerima barang, di sebuah gudang di Paki Haji, Kabupaten Tangerang.

"Dari interogasi itu diketahui bahwa Acung dikendalikan seorang napi dari Lapas Nusakambangan atas nama Aseng," beber Eko.

Tidak berhenti di situ, penyidik melakukan control delivery, yaitu mengikuti ke mana ekstasi akan dikirimkan. Saat pengiriman 56 bungkus ekstasi, aparat menangkap seorang kurir atas nama Erwin di sebuah parkiran mal di Alam Sutera, Tangerang.

"Saat ini Satgas masih mengejar pelaku lainnya," kata Eko.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 31 Juli 2017

Posted: 30 Jul 2017 08:15 PM PDT

Partai penutup putaran pertama Liga 1 akan digelar dengan mempertemukan Gresik United melawan Bali United, pada Senin (31/7/2017). Tambahan tiga poin kemenangan akan mempengaruhi nasib kedua tim di klasemen sementara.

Saat ini Bali United tengah dalam tren positifnya. Bertengger di peringkat empat, Serdadu Tridatu punya kans jadi runner-up paruh musim jika menang lebih dari satu gol di Stadion Surajaya, Lamongan.

Bali United bisa menyamai poin Madura United (MU) yang nyaman di puncak tabel dengan poin 32. Sebab, MU hanya menang 1-0 pada laga melawan PSM Makassar, Sabtu (29/7).

Sementara nasib Gresik United 180 derajat dari calon lawannya. Tim berjuluk Kebo Giras ini belum beranjak dari dasar klasemen Liga 1 dengan koleksi tujuh poin.

Bukan hanya itu, tim tetangga Persebaya Surabaya tersebut terancam kehilangan pemain dalam jumlah besar. Kabar terakhir sebanyak tujuh pemain sudah didekati tim Liga 1 dan Liga 2.

Berikut jadwal pertandingan penutup Liga 1.

Senin, 31 Juli 2017

18.30 WIB       Gresik United vs Bali United (TvOne)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hypercar Listrik Singapura Tertangkap Kamera Sedang Diuji Coba

Posted: 30 Jul 2017 08:13 PM PDT

Sempat dipajang di acara Geneva Motor Show, Maret 2017 lalu, hypercar berteknologi listrik asal Singapura, Vanda Dendrobium, tertangkap kamera sedang dilakukan uji coba di jalan raya.

Tidak disebutkan lokasi pengujian nama mobil yang terinspirasi dari bunga anggrek tersebut. Tapi sebuah rekaman video memperlihatkan Vanda Dendrobium sempat melintasi di sebuah lahan parkir yang cukup luas dengan kecepatan tinggi. Demikian dilansir Motor1, Senin (31/7/2017).

Karena hypercar tersebut digerakkan tenaga listrik, maka suara yang dikeluarkan tentu saja tak menggelegar seperti kendaraan berbahan bakar bensin.

Sebaliknya, hypercar ini memberikan suara raungan yang halus seperti mobil listrik lain pada umumnya.

Masih menurut Motor1, disebutkan perusahaan tersebut telah menerima pemesanan dari kalangan pecinta otomotif. Namun perusahaan asal negeri Singa ini masih akan melakukan pengujian lebih lanjut.

Jika Singapura berhasil mengembangkan hypercar berdaya listrik dan siap dijual, lantas bagaimana dengan Indonesia?

Ya, Indonesia rupanya belum terlalu siap dengan evolusi kendaraan berteknologi listrik. Meski menjadi basis produksi sejumlah merek otomotif, ternyata mereka mengaku belum siap membuat mobil listrik dengan alasan infrastruktur di Indonesia belum memadai.

Adapun Vanda Dendrobium sendiri belum disebutkan secara detail bagaimana jantung pacu yang disematkan. Namun mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik dan mampu melesat dengan ketinggian hingga 320 km/jam.

Selain itu, mobil yang dikembangkan Vanda Electric dan Williams Engineering dari Williams Group ini, memiliki pintu yang unik, pintu bisa terbuka seperti bunga anggrek yang juga menjadi inspirasi dari mobil tersebut.

Mobil listrik ini memiliki bobot 1.750 kg, dimana seluruh bodi menggunakan serat karbon, ditunjang dengan basis sasis monokok, lengkap dengan roda depan berdiameter 20 inci serta belakang 21 inci.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Secarik Dokumen Pesawat Jakarta-Sydney Jadi Bukti Teror Australia

Posted: 30 Jul 2017 08:09 PM PDT

Otoritas keamanan Australia berhasil menggagalkan rencana aksi teror di sejumlah bandara di Negeri Kanguru, termasuk di antaranya meledakkan pesawat.

Keberhasilan menggagalkan upaya teror Australia rupanya berasal dari secarik kertas yang ditemukan saat polisi menggerebek rumah yang diduga berkaitan dengan teror di Sydney beberapa waktu lalu. Polisi menyerbu rumah itu pada Sabtu, 29 Juli malam. Empat orang ditangkap, dua di antaranya kemungkinan ayah dan anak.

Secarik kertas itu berupa potongan dokumen flight release slip berisi nomor penerbangan rute Jakarta ke Sydney. Mereka menemukannya di tempat sampah di rumah yang digerebek pada Sabtu lalu di Lakemba, Sydney.

Secarik kertas itu memberikan petunjuk bagi polisi bahwa ada rencana kelompok teror untuk menjatuhkan pesawat. Demikian seperti dikutip dari News.com.au, Senin (31/7/2017).

Aksi teror itu rencananya akan meledakkan pesawat dengan bom rakitan yang disamarkan sebagai alat pencincang daging.

Wartawan Daily Telegraph menyaksikan polisi menemukan secarik kertas itu dari dalam tempat sampah pada pukul 09.30 waktu Australia.

Perdana Menteri (PM) Australia, Malcolm Turnbull, menjelaskan, plot teroris tersebut turut mencakup upaya untuk membajak dan meledakkan sebuah pesawat. Namun, sang PM tidak menjelaskan lebih lanjut pesawat atau maskapai apa yang menjadi sasaran plot teror tersebut.

Komisioner Kepolisan Federal Australia Andrew Colvin menjelaskan, selang beberapa hari lalu, aparat telah mencium gelagat kecurigaan terhadap sejumlah individu yang diduga merencanakan serangan teror menggunakan "alat peledak improvisasi". Alhasil, polisi menangkap empat orang yang diduga sebagai dalang plot aksi teror tersebut.

Empat pria yang diduga sebagai dalang plot teror Australia telah diamankan oleh kepolisian untuk proses penyelidikan. Seperti yang dilansir dari ABC, mereka ditangkap dalam sebuah operasi penyerbuan kontra-terorisme di lokasi yang terpisah di Sydney, antara lain Surry Hills, Lakemba, Wiley Park, dan Punchbowl.

Hingga saat ini, otoritas setempat telah mengambil langkah yang dianggap perlu untuk menjamin dan meningkatkan keamanan, khususnya di bandara besar, seperti Sydney dan Adelaide International Airport.

Menurut laporan ABC.net.au, pengamanan ekstra ketat itu telah efektif dilaksanakan. Hasilnya, terjadi tumpukan antrian penumpang pesawat di bandara Sydney dan Adelaide akibat mekanisme pemeriksaan barang dan body-check ekstra yang dilakukan oleh petugas keamanan bandara.

Penumpang juga diimbau untuk datang 120-180 menit lebih awal dari jadwal keberangkatan. Menurut otoritas bandara, jeda itu ditujukan untuk mengantisipasi proses pemeriksaan barang dan body-check ekstra yang akan memakan waktu yang cukup lama.

"Mengingat penambahan mekanisme pengamanan ekstra, para penumpang diharapkan untuk datang 2 jam lebih awal untuk penerbangan domestik dan 3 jam lebih awal untuk penerbangan internasional," jelas keterangan resmi dari maskapai Qantas dan Jetstar.

"Penumpang juga diimbau untuk membatasi barang bawaan dan bagasi, agar proses pemeriksaan dapat lebih efisien," keterangan tersebut menambahkan.

Tak hanya itu, menurut laporan ABC, terjadi peningkatan jumlah kehadiran petugas keamanan di bandara. Selain itu, terjadi pula sejumlah penundaan penerbangan yang tak biasa di bandara Sydney.

"Ancaman teroris di Australia masih di antara 'mungkin' hingga 'pasti terjadi'," kata PM Turnbull menjelaskan situasi ancaman teror yang tengah dihadapi oleh Negeri Kanguru saat ini.

Hingga saat ini, aparat penegak hukum setempat masih mendalami dan menyelidiki terkait plot teror pesawat tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru Basa Penginyongan Unjuk Gigi Lewat Antologi Cerita Cekak

Posted: 30 Jul 2017 08:02 PM PDT

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa bersama Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga, Jawa Tengah, meluncurkan antologi cerita cekak (cerkak) basa penginyongan dan buku materi Bahasa Jawa SMP berjudul "Basaku Penginyongan".

Cerkak merupakan akronim cerita cekak yang berarti cerita pendek atau (cerpen) dalam bahasa Indonesia. Peluncuran antologi cerkak dan buku materi bahasa Jawa itu berlangsung di Operation Room Graha Adiguna Komplek Pendopo Dipokusumo, Sabtu, 29 Juli 2017.

Ketua MGMP Bahasa Jawa, Prasetiyo, mengatakan penerbitan antologi cerkak itu bertujuan untuk melestarikan basa penginyongan atau bahasa Banyumasan.

"Ingatase kanca-kanca guru Basa Jawa, mligine guru-guru Bahasa Jawa SMP se-Purbalingga, uga guru-guru mata pelajaran liyane sing nduweni krenteg nglestarekna basane dhewek, wusanane bisa nerbitna buku Antologi Cerkak 'Pedhut Neng Gunung Slamet' kiye (Kepada seluruh rekan guru Bahasa Jawa, terutama guru bahasa jawa SMP se-Purbalingga, juga guru-guru mata pelajaran lain yang memiliki keinginan melestarikan bahasa kita, akhirnya bisa menerbitkan antologi cerkak 'Pedhut Neng Gunung Slamet' ini)," kata Prasetiyo.

Prasetiyo menceritakan, antologi cerkak tersebut digagas pertama kali pada September 2015. Saat itu, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bersama MGMP Bahasa Jawa Kabupaten Purbalingga mengadakan kegiatan bengkel sastra.

Lantas, ia mengajak rekannya sesama guru bahasa Jawa untuk menulis cerkak berbahasa Jawa. Keinginan itu pun akhirnya terwujud dengan terbitnya antologi cerkak berjudul "Pedhut Neng Gunung Slamet".

"Sadawane patang dina nganakna kegiatan bengkel sastra penulisan cerkak. (Selama empat hari pelaksanaan kegiatan bengkel sastra adalah penulisan cerkak)," ujarnya.

Akan tetapi, kata dia, tidak semua cerkak di dalam antologi tersebut menggunakan bahasa Jawa Banyumasan. Ada beberapa yang menggunakan bahasa Jawa Wetanan. Pasalnya, tak semua guru bahasa Jawa yang berada di Purbalingga berasal dari eks Karesidenan Banyumas.

Prasetiyo berharap dengan peluncuran antologi cerkak dapat disusul dengan karya sastra berbahasa Jawa yang lainnnya. Selain itu, guna menghidupkan kembali sastra penginyongan di eks Karesidenan Banyumas, khususnya Purbalingga.

Peluncuran cerita cekak diapresiasi Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sigit Subroto. Menurut dia, kehadiran Antologi Cerkak Berbahasa Penginyongan dapat mengembalikan kembali semangat penginyongan di masyarakat.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Lebih Baik Jakarta Dikembangkan agar Layak Jadi Ibu Kota

Posted: 30 Jul 2017 08:01 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kembali menyampaikan ketidaksetujuannya dengan wacana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta. Menurut Djarot, daripada memindahkan ibu kota, akan lebih baik mengembangkan Jakarta dan menertibkan masalah di Jakarta, seperti macet.

"Bukan hal sederhana. Kalau saya sebaiknya kita kembangkan Jakarta supaya layak jadi ibu kota negara. Apa sih persoalan di Jakarta? Ini kan macet, maka kita geber betul pembangunan sektor transportasi publik," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (31/7/2017).

Dia kemudian membeberkan usaha Pemprov DKI membenahi kemacetan dan transportasi publik. Hal itu dilakukan agar Jakarta semakin layak menjadi ibu kota negara.

"Memang masih macet, tapi coba lihat kalau program ini tetap berlanjut, program pembenahan transportasi publik di Jakarta sudah dimulai, baru mencapai 50-60 persen. Jika ini diteruskan, maka akan sangat berkurang kemacetannya," ucap Djarot.

Selain itu, dia menyatakan kemacetan juga dapat terurai bila jalan berbayar atau ERP dan sistem moda terintegrasi ke daerah penyangga telah terlaksana.

"Integrasi antarsistem transportasi dilakukan, itu perintah Presiden. Baik itu antara Commuter Line, TJ, LRT, MRT. Dan kemudian perlu dibangun sistem integrasi betul. Bukan hanya di Jakarta, tapi juga kawasan sekitarnya," ujar Djarot.

"Saya pikir kalau kita konsisten seperti ini, maka menurut saya, ngapain ibu kota negara dipindah," ujar mantan Wali Kota Blitar itu.


Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Transfer Termahal Antarklub Serie A Musim Panas Ini

Posted: 30 Jul 2017 08:00 PM PDT

Antarsesama klub Serie A cukup aktif dalam melakukan jual beli pemain di bursa transfer musim panas ini. Selain lebih mudah dalam urusan transaksi, pemain yang dihasilkan dari klub-klub dalam negeri juga tak kalah bagus dibanding pemain dari liga luar Italia. 

Selama ini, ada anggapan, berbelanja pemain dari dalam negeri lebih murah daripada membeli pemain dari klub luar negeri. Namun, anggapan tersebut tidak selamanya berlaku. Tetap saja, untuk pemain-pemain tertentu, harga pemain dari dalam negeri akan tetap mahal.

Sebut saja harga Andrea Belotti, yang dibanderol 100 juta euro oleh Torino. Sampai sekarang, belum ada klub yang sanggup menebus harga tersebut.

Di bursa transfer musim panas ini, terbukti ada sejumlah pemain yang hengkang dari sesama klub Serie A lainnya, dengan harga yang terbilang mahal.

Harga mereka bahkan mengalahkan pemain-pemain yang didatangkan dari liga luar Italia, macam Bundesliga, La Liga, maupun Liga Inggris. Berikut empat transfer termahal antarsesama klub Serie A musim panas ini.

Saksikan video menarik berikut ini:

Andrea Conti (AFP)

AC Milan membeli Andrea Conti dari Atalanta seharga 25 juta euro. Bek sayap timnas Italia itu direkrut oleh Milan setelah bermain gemilang bersama Atalanta dalam dua tahun terakhir. Musim lalu, ia menyumbang 8 gol dan 5 assist dalam 35 penampilan bagi Atalanta.

Harga Conti cukup mahal bila dibanding pemain-pemain lain dengan posisi yang sama (bek sayap) yang dibeli dari luar Italia, seperti Rick Karsdorp (dibeli AS Roma dari Feyenoord seharga 14 juta euro) dan Ricardo Rodriguez (dibeli Milan dari Wolfsburg, 18 juta euro).

Conti termasuk salah satu pemain jebolan akademi Atalanta yang sukses di bawah asuhan pelatih Gian Piero Gasperini. Ia mengikuti jejak Roberto Gagliardini, Franck Kessie, dan Mattia Caldara, yang juga meninggalkan klub yang sudah membesarkan mereka.

Franck Kessie (AFP)

Agak lebih mahal dari Conti, Franck Kessie bergabung dengan AC Milan dengan nilai transfer 28 juta euro. Bedanya, I Rossoneri memboyongnya melalui jalur peminjaman terlebih dahulu, dengan biaya 8 juta euro musim panas ini. Dalam kesepakatan transfernya, Milan akan membayar 20 juta euro lainnya tahun depan.

Paket Kessie-Conti menjadi bagian dari proyek kebangkitan Milan di bawah pemilik baru, yakni pengusaha dari Tiongkok, Yonghong Li. Kessie juga punya peran penting dalam mengantarkan Atalanta finis di peringkat empat klasemen akhir Serie A musim lalu.

Sama seperti Conti, Kessie juga merupakan binaan akademi Atalanta. Meski lahir dan berkebangsaan Pantai Gading, pemain berusia 20 tahun itu sejak kecil sudah mengenyam pendidikan sepak bola di Italia.

 

Federico Bernardeschi (AFP)

Federico Bernardeschi telah mengakhiri spekulasi kepindahannya dari Fiorentina. Ia akhirnya resmi bergabung dengan Juventus, klub yang sangat dibenci publik Firenze.

Bernardeschi pindah ke Juventus dengan nilai transfer 40 juta euro. Harga tersebut sejauh ini merupakan harga termahal kedua setelah Leonardo Bonucci yang pindah ke AC Milan (42 juta euro).

Di Juventus, Bernardeschi lebih memilih menggunakan nomor punggung 33. Ia belum siap memakai nomor punggung 10, nomor yang selama ini digunakan oleh pemain-pemain hebat seperti Roberto Baggio dan Alessandro Del Piero.

Leonardo Bonucci (AFP)

4. Leonardo Bonucci

Transfer termahal antarsesama klub Serie A musim panas ini adalah Leonardo Bonucci, yang meninggalkan Juventus dan bergabung dengan AC Milan. Nilai transfernya adalah 42 juta euro, lebih tinggi dibanding transfer Antonio Rudiger dari AS Roma ke Chelsea (40 juta euro).

Bonucci juga masih menjadi pemain termahal yang didatangkan AC Milan di bursa transfer musim panas ini. Selain dijanjikan ban kapten, bek 30 tahun itu diharapkan mampu membuat pertahanan Milan menjadi kokoh layaknya yang dilakukannya bersama Juventus.

Kapasitas Bonucci sudah tidak diragukan lagi. Selama membela Juventus, ia terkenal sebagai komposisi trio bek BBC, bersama Andrea Barzagli dan Giorgio Chiellini. Ia sukses memenangkan lima gelar Scudetto, tiga gelar Coppa Italia, dan dua kali lolos final Liga Champions meski berakhir dengan kekalahan. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bosan Lomba 17-an yang Biasa, Lomba Ini Patut Dicoba

Posted: 30 Jul 2017 08:00 PM PDT

Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus memang hari penting bagi masyarakat Indonesia. Biasanya, banyak perlombaan yang dihadirkan dalam merayakan hari penting tersebut.

Sekarang, masyarakat berlomba-lomba merayakannya dengan berbagai perlombaan. Di masing-masing RT maupun RW di sekitarnya, pasti ada macam-macam lomba yang diselenggarakan, baik untuk anak kecil, remaja, hingga para orang tua pun turut berpartisipasi dalam hari penting tersebut.

Jika kalian merasa bosan dengan perlombaan yang hanya itu-itu saja, lain halnya dengan artikel yang satu ini. Di sini kami akan membagikan referensi bagi kalian yang ingin membuat perlombaan yang mungkin jarang dipakai di perlombaan hari yang datang setahun sekali itu.

Video di bawah menampilkan sebuah perlombaan yang dikhususkan untuk anak-anak. Perlombaan ini memang membutuhkan sekitar dua atau tiga orang.

Masing masing akan mengalungkan kain di bagian perut dan sisanya akan diikatkan secara bersamaan dengan membelakangi sang anak. Saat sudah diikatkan satu sama lain, mereka akan berlomba lomba untuk meraih makanan menggunakan mulut yang sudah diletakkan di depan anak.

Lucunya, mereka akan kesusahan untuk meraih makanan tersebut. Dengan sama sama mengeluarkan sekuat tenaga, bahkan bisa menjatuhkan lawan apabila mereka tidak mengerahkan tenaganya. (Al Hafiz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Hotel Ketar Ketir Jokowi Pangkas Belanja Rp 16 Triliun

Posted: 30 Jul 2017 08:00 PM PDT

Pemotongan belanja barang Kementerian/Lembaga (K/L) sebesar Rp 16 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 diyakini akan berdampak pada industri hotel dan restoran nasional. Pengusaha memperkirakan bakal terjadi pengurangan maupun pembatalan pesanan kamar hotel, paket rapat yang biasa dilakukan K/L.
 
Kondisi ini merupakan dampak dari Instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Efisiensi Belanja Barang K/L senilai Rp 16 triliun di 2017. Pemangkasan belanja, meliputi perjalanan dinas, paket meeting, honorarium tim atau kegiatan, belanja operasional perkantoran, belanja jasa, dan lainnya. 
 

 
Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani mengatakan, pemangkasan anggaran K/L akan berdampak terhadap pertumbuhan okupansi hotel baik, terutama di daerah mengingat pemesanan kamar hotel dan paket rapat paling besar dari kalangan pemerintahan. 
 
"Dampaknya ke pertumbuhan okupansi hotel, terutama di daerah. Itu bisa drop banget karena kan porsi klien pemerintahan bisa sampai 50 persen di daerah. Kalau di kota-kota besar, paling pasar kalangan pemerintahan cuma 30 persen," jelasnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (31/7/2017). 
 
Hariyadi mengatakan, dengan pemangkasan anggaran K/L, bukan hanya pengusaha atau pengelola hotel yang terkena imbas, tetapi juga para petani, peternak, pedagang sayur mayur hingga karyawan yang menjadi bagian dari mata rantai industri hotel. 
 
"Di industri hotel ada lebih dari 120 suplai chain, mulai dari petani, pedagang, suplier kebutuhan hotel. Semua akan kena dampaknya," tegas Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu.  
 
Hariyadi lebih jauh memperkirakan bakal terjadi penurunan okupansi hotel dan omset restoran karena terkena dampak pemangkasan anggaran pemerintah. Tak terkecuali, adanya pembatalan yang sudah di booking 2-3 bulan sebelumnya. 
 
"Waktu itu 2014-2015 kami sudah terpukul dengan adanya aturan larangan PNS rapat di hotel. Tahun lalu juga ada penghematan anggaran, dan sekarang efisiensi anggaran, jadi kami kehantam terus," ujarnya. 
 
Ia memproyeksikan, dampak pemotongan anggaran tahun ini akan menyeret ke bawah pertumbuhan industri hotel dan restoran di kisaran 10 persen. Perkiraan tersebut lebih rendah dari pertumbuhan sekitar 15 persen di 2016. 
 
Menurut Hariyadi, industri hotel dan restoran nasional mirip dengan kondisi industri ritel. Kelesuan ini disebabkan karena pelemahan daya beli masyarakat, ditambah over suplai lantaran adanya penambahan kamar. Sebagai contoh, apartemen kini dijual sebagai hotel, kos-kosan diubah bak hotel harian. 
 
"Banyak libur di semester I juga tidak bagus ke okupansi hotel. Karena daya beli masyarakat cukup tertekan, libur panjang justru tidak otomatis berpengaruh menaikkan okupansi hotel," tuturnya.    
 
Harapan Hariyadi besar di tahun depan. PHRI, katanya, sedang mengerjakan promosi bersama Wonderful Indonesia dengan meng-create pasar-pasar baru di 2018. "Mendatangkan 1 turis, maka bisa menggerakkan 3 wisatawan lokal sehingga multiplier effect-nya 3 kali lipat," jelas Hariyadi. 
 
Sementara itu, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, adanya pemangkasan belanja operasional akan berdampak pada sektor jasa perhotelan dan restoran. 
 
"Di tengah melemahnya daya beli masyarakat, penghematan belanja pemerintah akan memukul pendapatan kedua jenis jasa ini. Karena tahun lalu, akibat penghematan belanja, pertumbuhan jasa perhotelan turun drastis dari 8,26 persen di kuartal I menjadi 4 persen di kuartal IV," terangnya. 
 
Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: