Kamis, 27 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hindari Banjir, 3 Ekor Kelinci Kedapatan Tunggangi Tubuh Domba

Posted: 27 Jul 2017 09:32 PM PDT

Ada-ada saja hal tak lazim yang kerap kita lihat sehari-hari. Baru-baru ini sebuah foto unik yang diambil oleh seorang petani di Selandia Baru menjadi perbincangan.

Dikutip dari laman Independent, Jumat (28/7/2017), Ferg Horne berhasil mengabadikan momen tiga ekor kelinci yang menunggangi domba agar terhindar dari banjir akibat hujan deras di wilayah tersebut.

Pria berusia 64 tahun itu mengatakan, ia belum pernah melihat kejadian seperti ini sebelumnya. Ia sengaja mengabadikan momen itu agar keluarganya percaya dan tak mengira apa yang ia sampaikan itu hanya omongan bohong belaka.

"Saya betul-betul tak percaya dengan semua ini. Saya rela berjalan susah payah melewati banjir demi menyelamatkan domba. Karena terdapat 40 ekor domba yang saya selamatkan dari banjir bandang yang melanda wilayah itu sebelumnya," ujar Horne.

Mulanya, pria itu mengaku bingung karena tetangganya--yang tengah pergi ke Rusia untuk menghadiri pernikahan keponakannya--tak memiliki domba berwarna hitam.

Saat mendekat, ia malah melihat tiga ekor kelinci liar hitam tengah menunggangi domba.

Domba-domba itu terlihat berkumpul di lokasi yang lebih tinggi sehingga tak tergenang air. Mereka memilih lokasi yang hanya digenangi air beberapa sentimeter.

Horne mengatakan, kelinci itu tampak basah, tetapi terlihat nyaman dan santai duduk di punggung domba.

Biasanya, para petani menembak kelinci karena dianggap sebagai hama. Hewan menggemaskan itu kerap merusak dan memakan hasil pertanian mereka. Seperti sayur dan wortel yang menjadi makanan favorit mereka.

"Tetapi kelici itu menunjukkan inisiatif yang tak biasa. Kelinci itu melakukan hal tersebut demi mempertahankan hidupnya," ujar Horne.

Ketika puluhan ekor domba digiring melewati genangan banjir, kelinci itu tampak mencengkeram erat punggung domba dengan saat erat.

Kelinci itu baru melepaskan cengkeramannya ketika domba-domba telah tiba di tempat yang aman dan tak digenangi oleh air.

Pada sore hari, Horne sengaja kembali untuk melihat domba-domba. Ia melihat kondisi banjir telah surut. Semua domba dalam kondisi aman, tetapi ia tak melihat kelinci tersebut.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siswa Juara Matematika Se-NKRI Ini Curhat ke Jokowi

Posted: 27 Jul 2017 09:30 PM PDT

Video curhat siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kresna Dolopo, Kabupaten Madiun pada Presiden RI, Jokowi mendadak viral di media sosial. Fabian berhasil meraih juara olimpiade matematika tingkat nasional dan ingin melanjutkanya pada tingkat internasional, namun tidak memiliki biaya.

Fabian meminta bantuan biaya pada Jokowi agar dia dapat melanjutkan lomba matematika padaa tingkat Internasional, video yang diunggah oleh ibunya dengan akun @neira_fatma ini sudah ditonton lebih dari 2000 pengguna instagram. Hal ini mengundang perhatian para netizen yang menontonnya.

"Pak, jokowi saya mau curhat, saya Fabian, siswa kelas 4 MI Kresna, Madiun menjuarai lomba matematika tingkat nasional dan ingin melanjutkan ke tingkat internasional, namun tidak ada biaya, mohon bantuannya Pak" Ucap Fabian dalam video tersebut.

Untuk meyakinkan Jokowi Fabian juga menunjukkan piala dan medali emas yang telah dia dapatkan selama ini. Para netizen juga mentag Jokowi pada video tersebut. Banyak netizen yang memberikan semangat kepada Fabian.

"Sukses terus ya dek" tulis akun @rahmattt6

"keren adik, you must be smart children. Never give up" tulis akun @yohanes_aries

(Michelle Tania)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo ke Yogya! Ada Event Kesenian Terbesar FKY 29, Mulai 27 Juli

Posted: 27 Jul 2017 09:30 PM PDT

Travelista, bersiap-siaplah untuk menyambut event kesenian terbesar di Yogyakarta akhir bulan Juli 2017 ini. Agendakan untuk datang ke Yogya. Catat jadwal kegiatannya. Sebuah acara bertajuk Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2017 akan digelar pada tanggal 27 Juli hingga 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis KM 5,5 Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta.

Digelar rutin setiap tahun, FKY 2017 ini adalah yang ke-29 kali digelar di Yogyakarta. Tema tahun ini adalah Umbar Mak Byarr. Tahun lalu Sleman yang menjadi tuan rumah, tahun ini Kabupaten Bantul. Karena itulah pusat kegiatan di Planet Pyramid yang masuk wilayah Bantul.

Acara FKY diawali dengan Pawai dan Pembukaan. Pawai digelar pada 27 Juli 2017 di Malioboro pukul 15.00-17.30 WIB. Selama #PawaiFKY29 akan ada pengalihan arus lalu lintas menuju / melalui Jalan Malioboro dan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Pawai ini akan dimeriahkan oleh Total Perkusi feat Dominique Naura.

Sedang pembukaan #FKY29 dilakukan 27 Juli 2017 pada pukul 19.00 - 21.30 WIB di Planet Pyramid. Lokasi ini menjadi tempat utama berlangsung #FKY29. Di Planet Pyramid ini pula Pasar Seni FKY, Bioskop FKY, Teater, Sastra, Pameran Perupa Muda, berbagai lomba, workshop seni, wayang kulit dan agenda kesenian lainnya digelar.

Pembukaan FKY 29 akan dimeriahkan oleh GAMELAN SEKAR WANGI Ngibikan, Canden Jetis Bantul, TARI PINK CAVALERI, Katana Dance dan Jogja HipHop Foundation. "Silakan berwisata ke Jogjakarta, kota budaya yang kental dengan tradisinya yang khas," ajak Menpar Arief Yahya.

Travelista bisa mencatat detail kegiatan dan bentuk acaranya seperti apa. Bioskop FKY misalnya. Ini adalah program yang fokus pada film dalam Festival Kesenian Yogyakarta (FKY). Program ini hadir untuk merespon perkembangan pergerakan film di seluruh Indonesia, termasuk Yogyakarta. Bioskop FKY menampilkan film-film pendek yang inspiratif sekaligus mengajak kita untuk berpikir.

FKY juga menjadi ajang "promosi" bagi seniman muda. Bakat-bakat muda dimatangkan dalam event ini. Seperti dalam Pameran Perupa Muda (Paperu) dalam FKY kali ini. Para perupa yang akan tampil, diseleksi. Sebanyak 53 seniman yang lolos seleksi tampil dalam pameran yang mulai digelar 31 Juli - 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid.

Di antara yang lolos seleksi dalan Paperu kali ini adalah Agapitus Ronaldo, Ahmad Oka, Harry Arafat, Iwank, Pandu Mahendra, Rudy Atjeh, dan Roy Adhitya.

FKY ini ibarat pelopor dari berbagai acara kesenian yang kemudian hadir di Yogyakarta. Berbagai agenda seni itu kemudian menjadi referensi dan standar penciptaan bagi para seniman. Sebut saja misalnya Yogyakarta Gamelan Festival, Art Jog, dan Jogjakarta Art Film Festival.

FKY digelar pertama kali pada tahun 1989, bersamaan dengan pembukaan Monumen Jogja Kembali atau orang biasa menyebutnya dengan Monjali. Setelahnya, FKY digelar secara rutin tiap tahun dengan tempat perhelatan yang berbeda-beda.

FKY pernah dihelat di Alun-alun Utara Keraton, kemudian pernah juga di Benteng Vredeburg, dan sekali di Pasar Ngasem. Biasanya digelar selama 2 minggu.

Seiring dengan pesatnya kemajuan ekonomi dan semakin urbannya wajah kota ini, FKY tidak semata panggung bagi kesenian tradisonal, tapi juga menjangkau berbagai hal yang berbau kontemporer. Istimewanya, event kesenian ini tak semata menjadi milik seniman, tapi juga seluruh warga Yogya dari berbagai penjuru. Mereka terlibat dalam pawai pembukaan maupun event lainnya. Warga juga berduyun-duyun menonton pawai pembukaan maupun berbagai gelaran di FKY.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Tumbalkan Lemina Demi Bek Valencia

Posted: 27 Jul 2017 09:30 PM PDT

Juventus masih tetap berburu bek kanan meski sudah mendapatkan Mattia De Sciglio dari AC Milan. Target Juventus kini adalah bek Valencia, Joao Cancelo.

Seperti dilansir Corriere dello Sport, Juventus telah mengajukan penawaran senilai 17 juta euro untuk mendapatkan Cancelo. I Bianconeri juga menyertakan Mario Lemina sebagai tambahan untuk membujuk Valencia.

Belum diketahui bagaimana respons klub Spanyol itu atas usulan tersebut. Valencia sendiri mematok harga 35 juta euro untuk Cancelo.

Namun, bisnis transfer pemain antara kedua klub belakangan berjalan baik. Hal itu diyakini akan membuat Valencia mempertimbangkan tawaran Juventus.

Sebelumnya Juventus sudah menyerahkan Simone Zaza dan Norberto Neto kepada Si Kelelawar dengan harga yang relatif murah. Neto dijual seharga 6 juta euro, sedangkan Zaza senilai 16 juta euro.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Bek Valencia, Joao Cancelo (kiri) berusaha menghalau pergerakan pemain Barcelona, Lucas Digne, pada laga lanjutan La Liga 2016-2017, di Stadion Mestalla (22/10/2016). Barcelona mengincar Cancelo untuk memperkuat posisi bek kanan.  (EPA/Juan Carlos Cardena

Ada pun Cancelo merupakan pemain jebolan akademi Benfica. Ia bergabung dengan Valencia sejak Agustus 2014. Di usianya yang masih muda, ia sudah menembus timnas senior Portugal, tepatnya sejak September 2016.

Sejauh ini, ia sudah mencetak tiga gol dalam empat caps bersama Portugal. Ia menarik minat Juventus, karena kemampuannya bermain di beberapa posisi. Selain sebagai bek kanan, bek berusia 23 tahun itu juga bisa dimainkan di posisi bek kiri dan gelandang bertahan.

Sementara itu, Valencia sudah mengambil ancang-ancang jika kehilangan Cancelo. Mereka membidik bek Inter Milan, Jeison Murillo untuk menggantikannya.

Menurut laporan Calciomercato, Valencia dan Inter telah mengadakan pertemuan untuk membahas soal Murillo. Akan tetapi, kedua klub belum mencapai kata sepakat. Valencia kabarnya mencoba menawarkan Aymen Abdennour sebagai bagian dari transfer, namun I Nerazzurri meminta uang tunai. (Abul Muamar)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai 4 Tanda Gula Darah Meningkat

Posted: 27 Jul 2017 09:30 PM PDT

Tubuh manusia bisa memberikan sinyal dan pertanda mengenai kondisi yang sedang dialami oleh tubuh. Salah satunya adalah tanda-tanda apabila gula dalam darah dalam kadar tinggi.

Namun terkadang, manusia tidak menyadari apa yang sedang terjadi dengan tubuh mereka. Padahal penting untuk mengenali tubuh sendiri demi memantau kesehatan.

Dilansir dari laman Step to health, Jumat (28/7/2017), berikut ini beberapa pertanda apabila tubuh mengalami peningkatan gula darah.

1. Mudah merasa lapar

Apabila Anda mengalami kondisi dimana Anda merasa lapar terus menerus, ini bisa jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik.

Jika seseorang memiliki gula darah tinggi, hal ini mencegah glukosa dilepaskan di sel tubuh orang tersebut.

Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan energi yang dibutuhkannya dan mendesak untuk terus meminta makanan. Inilah yang menciptakan sensasi kelaparan konstan.

2. Merasa sangat lelah

Saat kita mendapati tubuh merasa lelah, biasanya hal ini disebabkan oleh terlalu banyak bekerja atau masalah lainnya seperti anemia. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh level gula darah yang meningkat.

Saat gula darah meningkat, tubuh tidak dapat menghemat dan menyerap glukosa. Dengan demikian, energi tidak digunakan secara efisien, dan sel-sel tubuh tidak menerima jumlah makanan yang mereka butuhkan.

Akibatnya, orang tersebut merasa lelah meski tidak banyak melakukan aktivitas.

3. Sering buang air kecil

Seringnya buang air kecil merupakan salah satu gejala diabetes.

Jika kita memiliki gula darah yang sangat tinggi, ginjal akan terpengaruh dan mencoba menyeimbangkan konsentrasi glukosa dalam darah dan sel.

Selanjutnya, yang akhirnya terjadi adalah tubuh melarutkan darah dalam cairan intra-seluler. Hal ini membuat frekuensi kencing meningkat.

4. Berat badan turun dengan cepat

Jika kadar gula darah dalam tubuh seseorang tinggi, tubuh mudah kehilangan berat badan dalam periode singkat.

Hal ini bisa terjadi bahkan jika Anda banyak konsumsi makanan berkalori tinggi. Sebabnya, tubuh kehilangan banyak cairan karena sering buang air kecil. Ini akan membuat berat badan Anda turun.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MIUI 9 Hadir dengan 3 Fitur Unggulan, Apa Saja?

Posted: 27 Jul 2017 09:30 PM PDT

Bersamaan dengan peluncuran Mi 5X, Xiaomi juga mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya, yakni MIUI 9. Versi terbaru dari MIUI yang berbasis Android Nougat ini hadir dengan tiga fitur unggulan terbaru.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (28/7/2017), ketiga fitur unggulan di MIUI 9 adalah Image Search, Smart Assistant, dan Smart App Launcher.

Khusus untuk Image Search, fitur ini merupakan hal yang benar-benar baru di perangkat Xiaomi. Melalui fitur ini, pengguna perangkat Xiaomi dapat mencari foto lebih mudah, cukup dengan menuliskan kata kunci di kotak pencarian.

Sebagai gambaran, fitur serupa sebelumnya telah hadir di layanan Google Photos. Pengguna cukup menulis kata-kata seperti 'selfie, 'face', atau kata lainnya, dan Google Photos akan menampilkan hasil pencarian sesuai kata kunci tersebut.

Fitur lain yang diperkenalkan adalah Smart App launcher. Lewat fitur ini, MIUI dapat membuka aplikasi sesuai dengan konten yang ditampilkan di layar perangkat.

Sebagai contoh, MIUI dapat membuka aplikasi peta saat pengguna tengah berbincang hendak pergi ke tujuan tertentu. Tak hanya itu, launcher juga dapat menampilkan informasi tambahan sesuai dengan informasi yang sedang dibuka.

Peningkatan lain yang terbilang signifikan adalah kehadiran Smart Assistant. Fitur yang mirip dengan Google Assistant ini mampu membantu pengguna untuk mencari apa pun termasuk foto dan teks di dalam perangkat.

Meski sudah resmi diperkenalkan ke publik, Xiaomi belum mengungkap jadwal peluncuran sistem operasinya ini di seluruh dunia. Sampai sekarang, MIUI 9 baru tersedia di wilayah Tiongkok.

Adapun daftar perangkat Xiaomi yang dipastikan kebagian MIUI 9 adalah Mi 6, Mi 5s Plus, Mi 5s, Mi 5c, Mi 5, Mi 4S, Mi 4C, Mi 4, Mi 2, Mi 2, Mi MIX, Mi Max 2, Mi Max, Mi Note 2, Mi Note Pro, Mi Note, Mi Pad 3, Mi Pad 2, dan Mi Pad.

Sementara seri Redmi yang menerima pembaruan ini adalah Redmi 4X, Redmi 4A, Redmi 3S, Redmi 3X, Redmi 3, Redmi 2A, Redmi 2, Redmi 1S, dan Redmi 1. Menurut kabar, Xiaomi akan menggulirkan MIUI 9 secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang.

(Dam/Why) 

Tonton Video Menarik Berikut Ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Lagu Baru Kim Samuel Dilarang Tayang

Posted: 27 Jul 2017 09:30 PM PDT

Belum sempat ditampilkan, lagu debut Samuel Kim sudah dilarang tampil oleh channel KBS. Pasalnya, lagu penyanyi jebolan Produce 101 season 2 itu mengandung lirik yang tak pantas.

Perwakilan KBS menjelaskan alasan dilarangnya lagu Samuel Kim tampil di KBS lantaran lagu tersebut mengandung terlalu banyak menyebut nama brand ternama. Seperti diwartakan Soompi, Kamis (27/7/2017).

Kabar tak menyenangkan itu pun segera ditanggapi oleh agensi Samuel Kim. Pihaknya mengaku akan memodifikasi lirik lagu penyanyi 15 tahun itu dan kembali memasukkan ke channel KBS.

Selain Samuel Kim, single terbaru milik Jay Park dan N.Flying juga dilarang tayang di channel KBS. Kedua single penyanyi ini dianggap tak pantas tampil di televisi lantaran bahasa yang digunakan terlalu kasar.

Sementara itu, Samuel Kim akan memulai debut solonya pada 2 Agustus 2017 mendatang. Penyanyi kelahiran Los Angeles, Amerika Serikat ini akan debut dengan mini album pertama bertajuk Sixteen.

 

Simak video menarik di bawah ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Porsche Terbaik Sepanjang 13 Tahun Terakhir

Posted: 27 Jul 2017 09:29 PM PDT

Merek-merek mewah kembali mendominasi posisi teratas di Automotive Performance, Execution and Layout (APEAL) Study 2017 yang dihelat oleh perusahaan riset pasar kenamaan, JD Power. Di mana posisi paling atas ditempati Porsche.

Merek asal Jerman tersebut bahkan telah menguasai tangga teratas penghargaan dalam 13 tahun berturut-turut. Sangat sulit dilakukan pabrikan lain.

Studi ini sendiri pada dasarnya adalah mengukur keterikatan emosional dan kegembiraan pemilik mobil dengan 77 poin penilaian, termasuk di antaranya kekuatan yang mereka rasakan saat menginjak gas, hingga kenyamanan dan kemewahan saat pertama kali duduk di jok.

Total poin maksimal yang dapat diperoleh sebuah merek 1.000. Dalam hal ini Porsche memperoleh angka 884.

Di posisi kedua sampai lima, ditempati oleh Genesis, BMW, Audi, dan Mercedes-Benz. Masing-masing memperoleh skor 869, 855, 851, dan 851.

Dave Sargent, Vice President of the Global Automotive Practice at J.D. Power, mengatakan bahwa melalui penilaian ini perlahan pabrikan semakin memperbaiki kualitas kendaraan. Faktor kenyamanan seperti ini, di negara dunia pertama, memang cukup jadi faktor penentu pembelian.

"Banyak pembuat mobil semakin baik dalam memberi konsumen apa yang mereka inginkan dalam kendaraan," ujar Sargent.

Adapun riset ini sendiri mengambil sampel dari hampir 70 ribu pembeli mobil baru, pada Februari sampai Mei kemarin. Mereka yang disurvei minimal sudah punya mobil selama 90 hari.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Motor Trail Terbang di Batu Paragliding Festival 2017

Posted: 27 Jul 2017 09:28 PM PDT

Pariwisata Kota Batu seolah tak pernah sepi even untuk guna mendatangkan wisatawan dalam maupun luar negeri. Kali ini giliran even Paragliding Festival 2017 akan berlangsung dari 27 – 30 Juli 2017. Even ini akan digelar di tempat take off Gunung Banyak, Kota Batu.

Even berskala internasional ini bakal dihadiri puluhan pilot peserta dari lima negara diantaranya Inggris, Jepang, Korea, Jerman, Perancis. Sampai dengan Selasa (25/7) sudah terdaftar 108 pilot dalam dan luar negeri. ''Even ini sudah memasuki tahun ketiga. Tentu saja even ini untuk menarik minat para wisatawan ke Kota Batu,'' kata Imam Suryono, PLT Dinspora Kota Batu, Selasa (25/7).

Pada even kali ini ada tiga empat kategori yang akan dilombakan. Yakni Paragliding accuracy untuk umum, paragliding accuracy untuk yunior, cross country, dan Festival. Panitia sebenarnya membatasi jumlah peserta hanya sampai 100 peserta. Yakni 60 untuk peserta dalam negeri. Sedangkan untuk peserta luar negeri dibatasi 40 peserta. Namun sampai Selasa (25/7) jumlah peserta sudah menyentuh pada angka 108 peserta. ''Ya kami inginnya membatasi sampai 100, tapi karena animo para atlit yang ingin ikut banyak. Mau bagaimana lagi,'' ujar Imam.

Menariknya, pada tahun ketiga ini panitia menambahkan kategori festival. Untuk festival ini nantinya terbuka untuk umum. Hanya saja, para peserta diwajibkan mengenakan kostum yang unik, menarik, dan paling aneh.

Untuk pakaian unik dan menarik ini sejumlah peserta sudah mencobanya dua pekan lalu. Yakni dengan mengenakan kostum burung-burungan. Lengkap dengan moncong burung. Lalu, peserta tersebut take off dengan paralayang dan mendarat di lapangan Songgomaruto, Kota Batu.

Bahkan untuk terbang unik dan menarik, Selasa (25/7) sekitar pukul 13.00, salah seorang peserta bernama Taufik Muchsin, 40, dari Kota Batu melakukan uji coba terbang dengan menaiki sepeda motor Kawasaki KLX. Tentu saja, uji coba siang itu di Gunung Banyak mengundang decak kagum para pengunjung Gunung Banyak.

Banyak pengunjung yang berada di Gunung Banyak saat itu tidak percaya, kalau motor trail itu akan diterbangkan. Namun, pengunjung baru percaya setelah motor itu sudah berada di tempat take off paralayang. ''Wah baru kali ini ada motor diterbangkan dengan paralayang,'' kata Riyan, salah seorang pengunjung dari Malang.

Saat lepas landas, Taufik dibantu para pilot paralayang lainnya. Sebagian memegang motor, agar tetap stabil selama berada di landasan take off. Lainnya memegang parasut sebelum take off.

Begitu terbang, Taufik yang menunggangi motor trail itu terlihat santai. Dua kali berputar tak jauh dari tempat take off. Lalu paralayang dengan motortrail itu turun ke bawah, menuju tempat landing di lapangan Songgomaruto. Dari take off hingga landing diperkirakan sekitar 10 menit.

''Waktu landing tadi, ndak ada masalah. Roda depan sedikit terangkat. Lalu begitu menyentuh tanah teman-teman yang di ground langsung memegang motor lebih dahulu. Cukup mulus, dan angin mendukung. Sehingga tidak terjadi hentakan keras saat mendarat,'' katanya.

Menurut Taufik, idenya untuk terbang sambil membawa motor trail ini sudah hampir setahun ini. Kemudian setelah dihitung-hitung dengan berat motor dan berat dirinya sendiri. Maka jadilah pada 30 Juli nanti tampil untuk kategori Festival.

Taufik sendiri, merupakan pilot Tendem yang mengantongi lisensi PL3/T2, atau penerbang tingkat lanjut (master advance-PL3) serta master tendem (T2). Sedangkan jam terbangnya sudah dikantongi 1000 jam lebih. Dan telah melakukan tendem 1500 kali tendem.

Untuk persiapan terbang itu, lelaki yang juga staf PNS Dispora Kota Batu ini melakukan kalkulasi berat payung tendem. Payung parasut untuk tendem mampu membawa beban maksimal 240 kg. Setelah dihitung untuk berat motor trail 113 kg. Sedangkan berat badannya 60 kg. ''Karena masih jauh dari kapasitas beban maksimal untuk parasut tendem, maka tidak ada masalah,'' kata bapak dua anak ini.

Menurut Taufik, untuk membawa sepeda motor trail ini sebagai tunggangan selama terbang, yang diutamakan adalah keseimbangan saat motor dikaitkan dengan parasut. Karena itu ada empat ikatan tali yang dikaitkan dengan parasut. Maka sepasang tali parasut dikaitkan dengan T depan motor sedangkan untuk belakang dikaitkan pada footsep motor trail. ''Ya uji cobanya baru tadi, mudah-mudahan hari minggu nanti juga sukses dengan uji coba sekarang,'' pungkasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya kebetulan juga sedang berada di Malang, Jawa Timur. Dia bersama Pimpinan SKPD Kabupateng Malang mengadakan Rapat Percepatan Pengusulan KEK Pariwisata Singhasari, 27 Juli 2017. Rapat itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Abdul Malik dan jajaran SKPD Kabupaten Malang.

Rapat kali ini membahas Singhasari Integrated Tourism Complex (SITC) "SITC ini adalah bagian dari Greater Malang Synergy, terletak di persimpangan antara kawasan Bromo-Tengger-Semeru (sekitar 40 Km), Kota Malang, dan Kota Batu. Akses penerbangan melalui Bandara International Juanda dan Bandara Abdul Saleh Malang. Dekat dengan rencana tol Malang-Pandaan, jadi cukup bagus," kata Arief Yahya.

Rencananya, luas kawasan yang diusulkan menjadi KEK Pariwisata adalah area yang sudah memperoleh ijin lokasi seluas 195 Ha dan 26 Ha. Rencana pengajuan lokasi baru seluas 72 Ha.

Menpar Arief Yahya sempat membuat hening sekitar 15 detik para peserta rapat. Ketika dia mengingatkan agar jangan ketinggalan momentum, karena Pariwisata Indonesia berlari menciptakan "masterpiece" KEK.

Pertama, sebut Arief Yahya, hanya 10 Destinasi Pariwisata Prioritas yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, salah satunya di Jawa Timur adalah Bromo Tengger Semeru. "Harus ada CEO Commitment, dan momentum itu hanya bisa diambil oleh Bupati yang commited!" kata dia.

Kedua, orang sulit berinvestasi di Indonesia, karena tidak mudah ber-business, tidak Investor Friendly. Buktinya, peringkat 91 dari seluruh negara. "Ini bukti kelemahan kita dalam birokrasi yang berbelit, maka terobosannya adalah melalui KEK! Di sini bisa dapat utilitas dan fasilitas dasar, insentif fiskal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) atau one stop service. Nah PTSP ini akan memudahkan investor dan ada guarantee dari daerah sehingga investor akan datang dengan sendirinya," jelasnya.

Ketiga, saat ini Industri sedang berkembang pesat, dan Pariwisata jadi primadonanya. "Maka "ikutlah" arus, anda tidak akan salah bila mengembangkan pariwisata. Momentum ini jangan hilang begitu saja," katanya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Harga Pangan Jumat Pekan Ini

Posted: 27 Jul 2017 09:27 PM PDT

Harga bahan pangan terpantau stabil di pasar tradisional. Harga pangan tak banyak berubah dari awal pekan lalu.

Imam (30), pedagang Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, harga cabai rawit merah sekitar Rp 50 ribu per kg. Sementara harga cabai keriting merah Rp 25 ribu per kg.

"Rawit merah enggak naik, cabai keriting (harga) biasa," kata dia Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Dia mengatakan cabai rawit merah dipasok Rp 40 ribu per kg dari Pasar Induk Kramat Jati. Sementara, cabai keriting merah dipasok dengan harga Rp 20 ribu per kg.

"Lagi pada murah ini," ujar dia.

Pedagang lain Sadiyah (43) juga menuturkan hal senada. Dia mengatakan, harga pangan tak banyak berubah pada Jumat pekan ini. "Harga masih biasa saja," ujar dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com.

1. Cabai keriting merah dan rawit merah

Harga cabai rawit merah dan keriting merah stabil atau tak banyak berubah sejak awal pekan. Harga cabai rawit merah Rp 50 ribu per kg, sedangkan keriting merah Rp 25 ribu per kg.

2. Bawang merah dan bawang putih

Harga bawang merah dan putih juga terpantau stabil. Keduanya, dijual dengan harga Rp 35 ribu per kg. "Bawang biasa, enggak naik. Bawang merah lagi panen," ujar dia.

3. Tomat, seledri, daun bawang

Harga tomat naik di pasar tradisional, mencapai Rp 10 ribu per kg. Biasanya, tomat dijual Rp 8 ribu per kg. Lalu seledri naik Rp 5 ribu dari sebelumnya Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg. Kemudian, daun bawang juga naik Rp 5 ribu per kg dari sebelumnya Rp 15 ribu per kg menjadi Rp 20 ribu per kg.

4. Sayuran lain

Harga komoditas lain tak banyak berubah sejak awal pekan. Kol dan sawi dibanderol Rp 8 ribu per kg, kentang Rp 16 ribu per kg. Terong, oyong, pare, dan wortel  dijual dengan harga Rp 10 ribu per kg.

Buncis dijual dengan harga Rp 15 ribu per kg, sedangkan kacang panjang Rp 12 ribu per kg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toboali City On Fire Season II 2017 Resmi Diluncurkan di Jakarta

Posted: 27 Jul 2017 09:27 PM PDT

Provinsi Bangka Belitung sedang 'on fire' mempromosikan daerahnya sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Salah satunya, lewat Toboali City On Fire (TCOF) Season II 2017. Bagi yang ingin menyaksikan, silakan langkahkan kaki ke lapangan Laut Nek Aji Toboali, Bangka Selatan. Even keren ini bisa dinikmati, 27-30 Juli 2017.

"Kegiatan pariwisata TCOF yang diselenggarakan oleh Pemkab Bangka Selatan ini telah masuk dalam calender of event pariwisata Kemenpar. Event ini diharapkan mampu mempromosikan pariwisata di Provinsi Bangka-Belitung dan sekitarnya," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, dan Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer meluncurkan TCOF Season II 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (26/7) malam.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan TCOF sebagai sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Babel, khususnya Bangka Selatan yang memiliki daya tarik budaya (culture), alam (nature), dan buatan manusia (manmade), sekaligus memperkuat daya saing pada unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas).

"Provinsi Babel memiliki atraksi yang menarik, terutama kulinernya. Begitu pula amenitas ada puluhan hotel berbintang dan dalam waktu dekat bertambah satu hotel berbintang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang, sedangkan untuk aksesibilitas sebentar lagi Bandara HAS Hanandjoedin di Belitung menjadi bandara internasional dan akan banyak penerbangan internasional di antaranya dari Tiongkok sebagai pasar utama," tutur Menpar Arief Yahya.

Ia menjelaskan, percepatan pembangunan KEK Tanjung Kelayang sebagai destinasi prioritas yang akan menjadi "Bali Baru" terus dilakukan terutama pada unsur 3A, di antaranya konektivitas udara (air connectivity) untuk membuka pasar utama.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan, penyelenggaraan TCOF Season II 2017 ini merupakan salah satu upaya membangun dan memberikan wajah baru bagi sektor kepariwisataan di Kabupaten Bangka Selatan.

"Kami mengangkat tema 'Keragaman Etnis dan Budaya' pada event pariwisata ini untuk menegaskan bahwa keragaman etnis dan budaya merupakan perekat bagi kesatuan dan persatuan bangsa dan merupakan manifestasi dari semangat pluralisme demi terjaganya keharmonisan antaretnis, mengangkat pesona seni dan budaya dalam warna kebhinekaan," ujar Erzaldi Rosman.

Lebih lanjut, Erzaldi menjelaskan, acara ini menjadi salah satu unggulan Provinsi Babel sebagai daerah tujuan wisata favorit bagi wisman dan wisnus." Tercatat jumlah wisatawan yang menginap di hotel berbintang di Provinsi Babel pada Mei 2017 sebanyak 31.586 orang," ujarnya.

Rangkaian TCOF Season II 2017 ini, akan diisi dengan festival budaya yang meliputi 16 event yakni Bike Packer, Toboali Fashion Carnival, Toboali Photo Competition, Festival Tari Kreasi Daerah, Lomba Melukis Tudung Saji, Toboali Oriental Mural Festival, Festival Band, Festival Layang-Layang, Festival Barongsai, Lomba Pembuatan Film Dokumenter, Festival Kuliner, Ritual Adat Buang Jung, Nganggung 1.000 Dulang, Touring Komunitas Motor, Pameran UMKM dan Komunitas, dan Target Shooting Competition.

"Event ini akan menampilkan 16 event unggulan, di antaranya "Toboali Fashion Carnival" yang melibatkan para artis nasional dan mancanegara," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jukung Race dan Mancing Lemadang di Festival Pesona Tulamben 2017

Posted: 27 Jul 2017 09:24 PM PDT

Bali memang tempatnya sejuta festival yang seru dan menarik. Salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan adalah Festival Pesona Tulamben 2017. Festival ini membidik 18.640 wisatawan mancanegara dan 200 wisatawan nusantara dan akan digelar, 27-28 Juli 2017, di Tulamben, Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem, Bali

"Acara ini bisa menjadi sajian hiburan, sekaligus juga sebagai upaya menjalin kerjasama yang erat dengan berbagai pihak, guna pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Pantai Tulamben," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti, Kams (27/7).

Support pun langsung diberikan. Dari mulai pembuatan media promosi, sewa perahu, penyediaan snack dan mealbox peserta serta pembuatan panggung rigging dan juga sewa perahu, semua ikut dibantu Kemenpar. Selain itu, Kemenpar juga akan menghadirkan penyanyi, menyediakan sound dan genset serta membuat t-shirt dan topi untuk undangan VVIP, para peserta dan panitia.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika menuturkan bahwa Festival Pesona Tulamben 2017 nantinya akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba seperti Jukung Race, Fishing Tournament, Pameran kerajinan dan industri rumah tangga, Parade seni dan seni budaya.

"Dua agenda utama yaitu Jukung Race dan Fishing Tournament. Jukung Race akan diikuti oleh 50 Jukung (perahu) nelayan dan lomba mancing ikan lemadang akan diikuti 60 peserta," tuturnya.

I Wayan Astika menambahkan bahwa Jukung race adalah lomba memacu jukung (perahu) dengan mengandalkan kekuatan angin dan mempertontonkan kelihaian nelayan dalam mengandalkan jukung dan Fishing competition menunjukkan kelihaian dan keterampilan nelayan dalam memancing ikan laut secara manual

"Di Tulamben, yang paling terkenal adalah ikan Lemadang atau mahi mahi atau sebagian warga Bali mneyebutnya Ikan Tumpek. Saat merasakan sensasi tarikan tumpek dan joran yang bergetar saat lemadang menari diatas air, Upsss..itu serunya !," promosinya

Festival juga akan menampilkan Pameran stand kerajinan dan industri rumah tangga, stand kuliner yang menyajikan makanan tradisional khas Bali seperti sate gurita, nasi beguling, belayag, tipat cantok, jaje bali dan tentunya Pentas seni Bali yang menghadirkan lima sanggar seni dari Kubu dan Karangasem.

"Festival ini sekaligus untuk memperkenalkan potensi Kecamatan Kubu sebagai wilayah bekembang di Kabupaten Karangasem yang kaya dengan berbagai alam dan kerajinan," ujarnya

Selain mengikuti acara Festival, para wisawatan juga bisa menikmati alam wisata Tulamben yang mempesona .Pantai Tulamben tidak memiliki pasir putih maupun hitam yang biasanya menjadi ciri khas pantai di Bali.

Di sepanjang bibir pantai, pesisir berkoral, lengkap dengan air lautnya yang tenang, jernih dan bergradasi hijau kebiruan. Yang paling menarik dari tempat ini adalah adanya bangkai kapal kargo milik Amerika Serikat, USAT Liberty, yang ada di dasar pantai Tulamben, yakni di kedalaman 100 kaki atau 30 meter dari permukaan laut.

Reruntuhan kapal sepanjang 50 meter yang karam pada tahun 1942 tersebut kini sudah menjadi rumah bagi ratusan spesies ikan aneka warna dan terumbu karang cantik yang masih terjaga kelestariannya. Kemudian ada Coral Garden. Spot ini merupakan kawasan terumbu karang. Sehingga turis yang menyelam ke sini akan dimanjakan dengan karang dan ikan-ikan yang warna-warni.

Belum lagi Karangasem yang punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Bali. "Kami punya Pura Besakih, tempat ibadah agama kami. Tentu ini akan menjadi keunggulan, wisata bawah laut kami juga tidak kalah dengan underwater world wilayah lain, kita optimisme ini akan menjadi kekuatan yang dahsyat. Kami tidak hanya menawarkan wisata spritual. Turis datang dan tinggal di perkampungan, berbaur dengan masyarakat, belanja ke pasar, tidur di rumah gubuk, dan lainnya," terang Wayan.

Soal even dan festival, menurut Menpar Arief Yahya, Bali punya kekuatan. Wisata budaya dan alam membuat banyak wisman nyaman berlama-lama di Bali. "Itulah kekuatan Bali, cultural value-nya seimbang dengan commercial value-nya, maka pariwisata hidup dan sustainable," kata Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lokasi Acara Puncak Sail Sabang 2017 Terus Bersolek

Posted: 27 Jul 2017 09:22 PM PDT

Sabang terus bersolek menyambut gelaran akbar Sail Sabang 2017, yang diselengarakan pada 28 November hingga 5 Desember. Salah satunya mempersiapkan lokasi acara yang berada di empat titik, yaitu Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan Titik 0 Km.

"Lokasi acara tersebut secara infrastruktur terus dipersiapakan secara matang, terutma unsur (atraksi, amenitas, dan aksesibiltas), persiapan sumber daya manusia. Sedangkan puncak acara akan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang, yang akan dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Lokasi itu juga rencananya akan dijadikan pelabuhan kargo," ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi.

Reza mengatakan kunjungan wisatawan di Aceh saat atau sesudah Sail Sabang dapat memantik pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Oleh karena itu, konsep "Peumulia Jamee" dalam bahasa indonesia berarti memuliakan tamu harus, diaplikasikan agar para wisatawan merasa nyaman dan betah, sehingga akan datang kembali ke Aceh.

"Keramahan masyarakat dan fasilitas akomodasi di Kota Sabang harus menjadi perhatian serius. Intinya konsep Peumulia Jamee harus kita kedepankan karena ini merupakan konsep yang telah berkembang di tengah masyarakat Aceh secara turun temurun. Semakin kita muliakan, maka tamu akan semakin merasa nyaman dan akan kembali lagi ke Aceh," ucapnya.

Sail Sabang 2017 terdapat banyak kegiatan yang akan di pusatkan di teluk Sabang, tepatnya Terminal CT 3 BPKS Sabang itu aka diisi dengan berbagai atraksi."Banyak atraksi, diantaranya menghadirkan KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci. Selanjutnya akan ada Internasional Yacht Rally, Tarian Massal, Sabang Wonderful Expo, Aceh Fun Dive, Menyambut kehadiran Islamic Cruise berkapasitas 2000 wisatawan muslim yang akan sandar di termina CT3 dan bertola menuju Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh," katanya.

Selain itu, sambung Reza, juga ada kegiatan Jambore Iptek, Pentas Wonderful Sabang, Sabang Underwater Contes, Kapal Pemuda Nusantara, Lomba Menulis Blog, Festival Kopi dan Kuliner, Eksebisis Paramotor, Parade Kapal Tradisional, Sendratari Keumalahayati, Aerobatic Show, City Tour Sabang-Banda Aceh, Lomba memancing serta beberapa event lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, bahwa Sail Sabang 2017 dikerjakan secara bersama Kemenko Maritim, Kementrian Pariwisata, Kementrian Perhubungan, dan Kementrian PUPR akan menjadi acara sail terbesar tahun ini. Acara ini diharapkan mampu menarik sekitar 100 kapal pesiar atau yacht.

"Terkait Sail Sabang, puncaknya 2 Desember akan jadi terbesar. Pasalnya akan ada 100 yacht yang akan datang, Nantinya peserta akan lebih banyak berasal dari Australia. Kegiatan ini juga akan diikuti oleh kapal dari dalam negeri yaitu Kapal Pemuda Nusantara, Kapal Riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII," ucapnya.

Sail Sabang merupakan kolaborasi antara dua sail yakni Indonesia Sail dan Wonderful Indonesia Sail. Pemerintah telah menetapkan agenda wisata tahunan Sail Indonesia. Semakin lama, harus semakin bagus dari segi kualitas, perencanaan, dampak dan manfaatnya. "Kami juga ingin sebelum dan sesudah kegiatan ini daerah bisa menarik manfaat dari percepatan infrastruktur yang terjadi, Kata Arief Yahya.

Dalam Sail Sabang 2017, semua peserta akan diajak mengarungi spot-spot eksotis dari Teluk Sabang, Pantai Iboih dan Gapang hingga Pulau Rondo dan kota Banda Aceh di Pulau Sumatera. Kebanyakan peserta akan masuk ke Sabang dari Langkawi (Malaysia) dan Phuket (Thailand).

Mereka akan melewati dan singgah di Kupang, Badas, NTB, Banyuwangi, Karimunjawa, Belitung, Bintan dan persinggahan lainnya. Diperkirakan, semua peserta sudah masuk Sabang pada 1 Desember 2017. "Kita memberi kemudahan para Yachter dengan fasilitas pelayanan CIQP satu atap," kata Arief.

Dengan kemudahan tadi, menteri asal Banyuwangi itu yakin agenda sailing ini bakal banyak dilirik seluruh peserta dari dunia. Apalagi, Sabang merupakan salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari. Favoritnya para Yachter dunia karena memiliki taman laut yang indah.

Lokasinya pun dekat dengan Langkawi, Phuket dan Singapura juga menjadi daya tarik lainnya bagi para yachter. "Sabang sudah dikenal mancanegara karena beberapa kali menyelenggarakan acara skala international seperti Sabang Regatta dan mendapat sambutan antusias, " kata pria asli Banyuwangi itu.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berhijab, Istri Donny Michael Ternyata Punya Hobi Maskulin

Posted: 27 Jul 2017 09:20 PM PDT

Sejak punya anak, Aryani Fitriana tak lagi banyak terlihat wara-wiri di layar kaca. Istri Donny Michael itu fokus mengurus buah hati pertama mereka, Alem Isco Zeroun Haub.

Ditambah lagi, saat ini Aryani Fitriana sudah mengubah penampilannya menjadi berhijab. Meski sudah berhijab, istri Donny Michael itu rupanya tak meninggalkan hobinya yang maskulin. Apalagi kalau bukan mengendarai motorcross.

 Donny Michael dan Aryani Fitriana hobi mengendarai motor cross [foto: instagram/aryanifitriana24]

Unik memang, mengingat penikmat motorcross rata-rata adalah laki-laki. Setelah beberapa lama, Aryani Fitriana akhirnya kembali terjun ke arena motorcross yang penuh tanah merah itu.

Bersama sang suami tercinta, Aryani Fitriana terlihat mengendarai motorcross miliknya dengan mengenakan kaus bernomor punggung '24'. Sementara Donny Michael memakai kaus yang sama dengan nomor punggung '16'.

"Relationship goals!" tulis Aryani Fitriana di keterangan foto yang sontak membuat banyak orang merasa kagum dengan kekompakan pasangan suami istri ini.

 

Ngtrack bareng! #ryandomack #dimanalagicaribinibegini #relationshipgoals #threestuntsmx

A post shared by Donny Michael Haub (@donnymichael) on

".sukanya sama couple inih kaya gituhh,. kerennya kebangetan,. coba ajah isco udah gede diajak lah,. bahagia terus yahh @donnymichael @aryanifitriana24," puji @its.asrii kepada Donny Michael dan Aryani Fitriana.

"Senang lihat @donnymichael @aryanifitriana24 ..Selalu melakukan kesenangan ini bersama sama ..Selalu samawa ya kak," sahut @kensri_s.

"Kayaknya kalau punya pasangan satu hobby itu seru banget ya kayak kak @donnymichael dan kak @aryanifitriana24 begini," lanjut @ulisyifar.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Banyak Istirahat, Timnas U-19 Geber Persiapan untuk Piala AFF

Posted: 27 Jul 2017 09:15 PM PDT

Timnas Indonesia U-19 telah tiba di Padang, Sumatera Barat. Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri membawa 30 pemain ke Tanah Minang.

Menariknya, dari 30 pemain itu, tidak ada nama cucu Presiden Republik Indonesia ketiga B.J. Habibie, Muhammad Rafid Habibie. Indra mengatakan, Rafid sudah dicoret bersamaan dengan pemain lain, David Sanjaya.

"Saat ini skuat ada 30 pemain setelah kami mencoret Rafid Habibie dan David Sanjaya. Mereka kami coret karena kualitas," kata Indra, di laman resmi PSSI.

Timnas Indonesia U-19 berada di Padang untuk melakukan pemusatan latihan. Mereka juga dijadwalkan bakal melakukan latih tanding melawan PSP Padang di Stadion H Agus Salim, Sabtu (29/7/2017) malam.

Egy Maulana dan kawan-kawan tiba di Padang pada Kamis (27/7/2017) siang. Tanpa banyak istirahat, Indra Sjafri langsung menggeber latihan pemain Timnas Indonesia U-19.



"Kami langsung latihan begitu sampai Padang untuk persiapan jelang laga ujicoba nanti. Kondisi para pemain dalam kondisi bagus. Uji coba lawan PSP Padang memang menjadi bagian periodesasi persiapan Timnas U-19 ke Piala AFF bulan September nanti," ujar mantan pelatih Bali United tersebut.

Uji coba melawan PSP Padang merupakan rangkaian Timnas Indonesia U-19 untuk tampil di Piala AFF U-18 di Myanmar, 4 hingga 17 September 2017. Pada Piala AFF U-18, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup B. Mereka akan menantang tuan rumah Myanmar, Vietnam, Selandia Baru, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Skuat Timnas U-19:

Kiper
1. Muhammad Riyandi, Barito Putera
2. Gianluca P. Rossy, Jawa Tengah
3. Rakasurya Handika, Jawa Tengah
4. Aqil Savik, Jawa Barat

Bek
5. M. Rifad Marasabessy, Madura United
6. Dedi Tri Maulana, Sulawesi Tenggara
7. Nicholas Yohanes Pambudi,, Spanyol
8. Rachmat Irianto, Persebaya
9. Julyano Pratama Nono, Ragunan
10. Kadek Raditya, Bali
11. Ahmad Saeful Hidayat, Jawa Tengah
12. Firza Andika, Sumatera Utara
13. Irsan Lestaluhu, Maluku
14. Samuel Christianson, Persija U-19
15. Nurhidayat Haris, PSM

Gelandang
16. Teuku Noer Fadhil, Aceh
17. Syahrian Abimanyu, Persija U-19
18. Witan Sulaeman, Ragunan
19. Resky Fandi Witriawan, Sulawesi Barat
20. Adha Nurrokhim, Persis Solo
21. Muhammad Iqbal, Sumatera Barat
22. Feby Eka Putra, Jawa Timur
23. Jefry Hendry Bisai, Papua
24. Aulia Hidayat, Aceh
25. Jadug Arya Aragani, DKI Jakarta
26. Egy Maulana Vikri, Ragunan
27. M Lutfi Kamal, DKI Jakarta

Striker
28. Hanis Saghara Putra, Jawa Timur
29. M. Rafli Mursalim, DKI Jakarta
30. Deka M. Toha, Jawa Barat

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangisan dan Hujan Deras Warnai Peringatan Hari Kemerdekaan Korut

Posted: 27 Jul 2017 09:14 PM PDT

Meski diguyur hujan deras, warga Korea Utara tetap membungkukan badannya mengarah pada makam Kim Il-sung demi memberi penghormatan. Tak peduli seberapa besar badai, baik orang dewasa dan anak-anak tetap berdatangan ke Istana Kumsusan, Pyongyang.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (28/7/2017), penghormatan ini diberikan oleh warga Korut guna memperingati hari berakhirnya Perang Korea, atau yang dikenal dengan Victory Day (hari kemenangan).

Di dalam Istana Kumsusan itulah terdapat makam Kim Il-sung dan putranya Kim Jong-il. Makam tersebut tersimpan di ruang marmer yang dipenuhi ribuan lilin yang menyala.

Tubuh mantan diktator tersebut sengaja dibalsem dan dibiarkan beristirahat di dalam peti mati yang terbuat dari kaca sambil disinari cahaya-cahaya redup. Sementara penghormatan terus dihantarkan oleh warganya, para tentara terus berjaga di setiap sudut istana sambil mengatur arus pengunjung yang datang.

"Hati saya tergerak dan menangis tersedu-sedu saat menghantarkan doa kepada mantan pemimpin kami," ujar Ri Ri-gyong, pejabat keuangan Korea Utara.

Sontak, suara Ri-gyong bergetar karena tak mampu menahan emosi.

"Saya selalu merindukan mereka."

Meskipun meninggal pada tahun 1994, Kim Il-sung tetap menjadi pemimpin negara abadi bagi warganya. Sebab dari tangannyalah, Korut mulai dikenal banyak warga internasional.

Sementara itu putranya, Kim Jong-il meninggal dunia pada tahun 2011.

Para siswa membersihkan jalanan di depan patung pemimpin Korea Utara Kim Il Sung dan Kim Jong-Il di bukit Mansu saat negara tersebut menandai 'Victory Day' di Pyongyang (AFP/Ed JONES)

Salah satu warga Pyongyang, Kim Un-sil (40) membawa anak laki-lakinya yang berusia tujuh tahun ke Mansu Hill di pusat kota, di mana patung-patung raksasa kedua pria itu melihat ke arah pusat kota.

"Saya hanya ingin memberi tahu anak saya dan para generasi baru bahwa sejarah Korut adalah sebuah kemenangan," ujar Un-sil.

Sementara itu, ada spekulasi yang meluas di Amerika Serikat dan kalangan intelijen Korea Selatan yang mengatakan, Korut akan menandai 'hari kemenangannya' dengan peluncuran rudal yang baru.

Menyusul uji coba pertama yang dinilai berhasil pada awal bulan lalu, para ahli menilai, rudal balistik antarbenua yang sebelumnya mereka luncurkan mampu mencapai Alaska atau Hawai.

Meski begitu, belum ada tanda-tanda uji coba rudal yang kembali dilakukan oleh Korea Utara.

"Negara kami selalu menang karena kita memiliki pemimpin tersebar di dunia," kata Hong Yong-dok yang tengah bersama cucunya di Istana Kumsusan.

Yong-dok mengatakan, selama ratusan tahun warga Korut menderita di tangan imperalisme Amerika Serikat.

"Orang tua saya terbunuh oleh AS saat perang terjadi di Korea. Maka dari itu, kami akan mengajari anak-anak kami untuk membalas perbuatan keji imperialisme AS," tambahnya.

27 Juli 1953 menandai penandatanganan gencatan senjata antara China, Korea Utara, dan pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang didukung AS yang telah berseteru satu sama lain selama tiga tahun (AFP/Ed JONES)

Pada 27 Juli 1953, terjadi penandatanganan gencatan senjata antara China, Korea Utara dan pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kesepakatan itu dapat terwujud setelah perundingan yang mereka lakukan sering berujung pada kegagalan selama tiga tahun. Meski begitu, Korut menganggap negaranya telah menang atas segala hal tersebut dan menyebutnya sebagai kemerdekaan. Sejak saat itu pula, wilayah Korea terbagi dua, yaitu Utara dan Selatan.

Korea Selatan tumbuh menjadi negara demokratis dan bangkit dari keterpurukan yang kemudian menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di Asia.

Kini, di bawah dinasti keluarga Kim, Korut memasuki generasi ketiga di bawah kepemimpinan Kim Jong-un. Korut juga tengah mengembangkan senjata nuklir yang mampu melintasi wilayah antarbenua -- sebuah pencapaian luar biasa dalam sistem persenjataan yang mampu mengancam Amerika Serikat.

Biasanya, hari-hari besar seperti ini selalu ditandai dengan aksi peluncuran rudal dan sejenisnya. Meski belum ada tanda-tanda aksi tersebut di hari peringatan yang mereka anggap sebagai kemerdekaan Korea Utara.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Luncurkan Program Pendidikan Vokasi Industri

Posted: 27 Jul 2017 09:10 PM PDT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali meluncurkan program vokasi yang link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan industri. Program Pendidikan Vokasi Industri ini bertujuan menghasilkan tenaga kerja terampil dan meningkatkan kinerja sektor industri dalam negeri.

Kali ini, program vokasi tersebut diluncurkan secara langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di PT Astra Otoparts Tbk, Kawasan Greenland Internasional Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, Provinsi Jawa Barat menjadi pilihan tahap ketiga, setelah program ini sukses digelar di Jawa Timur serta Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

"Kami tengah fokus menyiapkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) lokal yang kompeten karena menjadi sebuah prasyarat untuk mendorong peningkatan produktitivas industri nasional," ujar dia dalam Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

‎Airlangga menjelaskan, pelaksanaan program vokasi industri didasarkan pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan.

Dalam Inpres ini, Kemenperin mendapat tugas antara lain untuk meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha, memberikan akses yang lebih luas bagi siswa SMK dalam melakukan praktek kerja lapangan dan program pemagangan industri bagi guru.

"Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri yang semakin meningkat, perlu diantisipasi dengan pengembangan pendidikan vokasi yang berorientasi pada kebutuhan pasar kerja atau demand driven," ungkap dia.

Pada tahap I dan II, Kemenperin telah melibatkan sebanyak 167 industri dan 626 SMK untuk wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.‎ Sementara itu, untuk wilayah Jawa Barat, Kemenperin menggandeng sebanyak 141 industri dan 393 SMK dengan dilakukan penandatanganan mencapai 800 perjanjian kerja sama.

‎Selanjutnya, program ini secara bertahap akan dilanjutkan di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Sumatera. "Jumlah perjanjian kerja sama itu, karena sebagian SMK dibina oleh lebih dari satu perusahaan, sesuai dengan program keahlian yang dimiliki," tutur Airlangga.

Sebagai bentuk komitmen industri mendukung pembinaan dan pengembangan SMK, dalam kesempatan peluncuran program link and match ini dilakukan juga pemberian bantuan (hibah) peralatan praktik kepada SMK dari beberapa perusahaan, antara lain 1 mesin CNC Bubut, 10 engine Daihatsu Xenia, 10 transmisi, 20 unit sepeda motor Honda, 20 unit special tools, 66 engine Toyota Innova dan lain-lain.

Perusahaan pemberi hibah peralatan praktik tersebut antara lain PT Astra Honda Motor, PT Astra Daihatsu Motor, PT Suzuki Indomobil Motor, PT Toyota Motor Manufacturing, PT Yamaha Indonesia Motor, PT Komatsu Indonesia, PT Gisma Cipta Sukses, PT Astra Otoparts, PT Hino Motor Manufacturing, PT Sango Indonesia, PT Mayora, dan PT Loreal Indonesia.

Turut hadir pula dalam Peluncuran Program Vokasi Industri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto, dan Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen.

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baca ini Sebelum Berhenti Bekerja untuk Jadi Ibu Rumah Tangga!

Posted: 27 Jul 2017 09:09 PM PDT

Ada banyak alasan yang membuat seorang wanita pekerja akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya. Selain agar bisa lebih konsentrasi mengurus anak-anak dan keluarga, keputusan berhenti berkarir juga bisa karena besarnya tekanan pekerjaan yang memicu tingkat stres yang tinggi.

(Baca juga: 5 Cara Efektif Manfaatkan Waktu di Rumah Sepulang Bekerja)

Kendati sudah memikirkan keputusan secara matang, namun nyatanya banyak wanita yang mengaku tidak nyaman beradaptasi pada beberapa minggu pertama di rumah. Perubahan gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari memang bisa membuat wanita yang biasa beraktivitas di kantor menjadi mudah bosan saat berada di rumah seharian.

Solusinya? Buat saat-saat transisi menjadi lebih menyenangkan dengan beberapa tips dari Rumah.com yang bisa Anda lakukan berikut ini.

Mempelajari Tugas Keseharian

Ketika memulai pekerjaan baru, Anda biasanya akan diberikan modul pelatihan yang harus dipelajari, begitu pula ketika menjadi ibu rumah tangga penuh. Anda akan tinggal bersama anak 24 jam dalam 7 hari penuh dan hal tersebut memerlukan penyesuaian yang lumayan sulit.

Terlebih jika Anda terbiasa menjawab pertanyaan atasan, berbicara secara formal, dan bekerja di tengah tenggat waktu. Sementara itu, sekarang bos Anda adalah anak kecil yang penuh rasa ingin tahu dan aktif bergerak.

Gaya berbicara juga harus disesuaikan dengan pemilihan kata sederhana agar dipahami balita, dan Anda pun tetap harus berpacu dengan waktu untuk merapikan rumah, memasak, bersih-bersih, sembari merawat si kecil.

Ketahui dengan pasti segala tugas yang akan Anda lakukan sebelum memulai hari pertama sebagai orangtua yang tinggal dirumah 24 jam. Ada banyak tugas baru yang mungkin tidak Anda sangka harus dilakukan sebelumnya.

Jangan Melupakan Teman Lama

Meninggalkan dunia pekerjaan sebagai karyawan kantoran bukan berarti Anda juga harus memutuskan tali silaturahmi dengan kolega dan teman bekerja. Usahakan tetap membangun hubungan yang baik dengan kolega dan teman-teman di kantor dulu.

Caranya bisa dengan membuat jadwal waktu makan siang bersama, berkirim pesan, memberi 'likes' pada postingan Facebook, sebagai tanda perhatian kepada mereka. Hubungan pertemanan yang terjaga baik bisa memberi Anda perasaan bahagia sekaligus menjadi koneksi potensial apabila suatu saat nanti Anda memutuskan untuk kembali bekerja.

Mencari Teman Baru

Buat hubungan pertemanan yang akrab dengan tetangga yang ada di lingkungan perumahan. Cara ini bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang sekaligus membantu Anda beradaptasi pada hari-hari pertama menjadi ibu rumah tangga.

Perbincangan seru dengan sesama ibu rumah tangga bisa membantu Anda mengambil keputusan mulai dari pemilihan merek popok, sampai dengan resep menu masakan.

Membuat Jadwal

Berbeda dengan jam bekerja wanita karir yang ketat mulai dari jam 9 pagi sampai 5 sore, menjadi ibu rumah tangga yang tidak dibatasi jam bekerjanya membuat Anda akan kesulitan mengatur waktu.

Padahal, ada banyak tugas yang harus diselesaikan, seperti berbelanja keperluan harian, memasak, sampai dengan mengurus buah hati. Supaya lebih mudah beradaptasi, Anda bisa menulis jadwal pekerjaan harian agar minggu pertama berjalan sesuai harapan.

(Simak juga: Pilihan hunian dengan fasilitas taman bermain dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

Sisihkan Waktu untuk Diri Sendiri

Ketika sibuk mengurus anak, suami, dan urusan rumah tangga lainnya, ibu rumah tangga kerap kehilangan waktu untuk merawat dirinya sendiri. Hal ini bisa memicu tingkat stres baru apabila tidak di atasi sedini mungkin.

Jadi mulai sekarang Anda bisa membuat jadwal khusus "me –time" yang bisa dikompromikan bersama suami, setidaknya sekali dalam seminggu. Waktu senggang ini bisa Anda manfaatkan untuk perawatan tubuh dan wajah, atau sekedar melakukan hobi seperti membaca buku.

Minta Bantuan Suami

Anda dan suami sebelumnya mungkin terbiasa sibuk dengan rutinitas jam kerja kantor masing-masing. Namun setelah berhenti bekerja, kini perbedaan tanggungjawab menuntut suami untuk turun tangan membantu pekerjaan rumah.

Buat kesepakatan mengenai pembagian pekerjaan rumah secara terjadwal. Misalnya di akhir pekan suami bisa turut membantu membersihkan lantai dan pekarangan rumah. Sesuaikan tugas dengan kapasitas dan keterampilan yang dimiliki oleh suami.

Mencari Aktivitas yang Menyenangkan Bersama si Kecil

Seharian bersama si kecil di rumah juga bisa membuat Anda bosan. Untuk itu carilah aktivitas atau permainan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama si buah hati. Misalnya mengikuti kelas playgroup di sekitar hunian, bermain di taman di sore hari, atau pergi ke spa ibu dan anak.

Melakukan banyak aktivitas bersama juga bisa mempererat bonding ibu dengan si kecil.

 

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simpang Susun Semanggi Bisa Digunakan Warga Malam Ini

Posted: 27 Jul 2017 09:08 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Simpang Susun Semanggi akan soft launching malam ini, sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2017.

Jalan Simpang Susun Semanggi memiliki dua ruas, satu ruas diperuntukkan bagi kendaraan dari arah Cawang menuju ke Bundaran Hotel Indonesia dan satu ruas lainnya untuk kendaraan dari arah Slipi menuju Blok M.

"Nanti malam memang kita soft launching untuk Simpang Susun Semanggi. Insyaallah habis Isya," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Menurut dia, dengan peresmian tersebut, warga Ibu Kota dapat tahu dan menggunakan akses jalan jembatan Simpang Susun Semanggi.

"Supaya warga tahu, sehingga perilaku dari para pengendara bisa lebih diketahui lebih awal. Yang kedua, ya untuk memastikan bahwa Simpang Susun Semanggi sudah betul-betul aman, fasilitas tersedia, sambil open traffic tetap dilakukan perbaikan dan penyempurnaan sana sini," papar dia

Penyempurnaan sana-sini yang dimaksud Djarot adalah pengecekan marka jalan, rambu-rambu lalu lintas, dan trotoarnya berfungsi baik atau tidak. Begitu pula taman-tamannya. Hal ini dilakukan menurut Djarot sebelum diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Dengan cara seperti itu (pengecekan sana-sini) maka ketika nanti insyaallah diresmikan Presiden pada 17 Agustus mendatang betul-betul sudah siap. Itu tujuannya," kata Djarot.

Simpang Susun Semanggi ini hanya akan dilalui kendaraan roda empat. Tingginya jalan dan angin kencang di sana akan membahayakan pengendara motor. Oleh karena itu, demi keselamatan pengendara, Pemerintah Provinsi DKI hanya mengizinkan kendaraan roda empat melintasi jalan tersebut.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Hamparan Salju Muncul di Dieng Beredar, Hoax atau Fakta?

Posted: 27 Jul 2017 09:01 PM PDT

Video fenomena munculnya bun upas di hamparan rumput yang menyerupai salju menghebohkan warganet jelang gelaran akbar Dieng Culture Festival VIII 2017.

Video berdurasi 47 detik di akun Instagram @mountnesia itu diputar lebih dari 200 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1000 komentar sejak diunggah Kamis, 28 Juli 2017.

Pemilik akun menuliskan caption, "Dieng pagi ini. Yang mau datang ke DIENG CULTURE FESTIVAL bulan agustus besok jangan lupa bawa jaket biar nggak beku 😅. Dok. video @losmenbudjono_dieng, colek @wonosobozone."

Warganet heboh bukan kepalang. Beberapa akun penasaran ingin menyaksikan fenomena hamparan bun upas mirip salju tersebut. Apalagi, video ini muncul menjelang Dieng Culture Festival pada 4-6 Agustus 2017 mendatang.

Misalnya saja, akun @hanny. Dia mengaku ingin menyaksikan Dieng dalam kondisi bersalju semacam itu. "@imam_panca pingin liat dieng yang kaya gini wkwkkwkwkw," ujar dia.

Namun, ada pula akun yang memperingatkan ekstremnya suhu kala Dataran Tinggi Dieng diliputi bun upas. Hal ini diungkapkan oleh akun @debykenian. "Extreme memang suhune @yaniarnaufal," tulisnya.

Soal fenomena munculnya bun upas yang menghebohkan warganet itu, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surip mengungkapkan, sejauh pengamatannya pada Juli 2017 ini, fenomena itu belum muncul di Dieng.

Namun begitu, dia tak lantas memastikan bahwa video hamparan salju di rerumputan yang diunggah netizen itu adalah berita bohong. Sebab, dia belum menontonnya. Namun, dia pun memastikan selama Juli ini belum muncul bun upas yang mirip hamparan salju itu.

"Karena bun upas itu harus memenuhi beberapa syarat, antara lain suhu Dieng mencapai titik beku. Antara 0 derajat atau minus. Sedangkan sekarang, suhu rata-rata di Dieng berkisar 8-9 derajat Celsius saat malam hari," tutur Surip kepada Liputan6.com, Jumat (28/7/2017) pagi.

Surip menerangkan, bun upas adalah fenomena membekunya embun yang tercipta karena konsentrasi awan yang berarak dekat permukaan tanah. Lantas, tanaman, rerumputan, bebatuan yang basah oleh embun tebal itu membeku karena suhu turun sampai titik beku.

"Makanya biasanya kelihatan pagi. Saat suhu sedang dingin-dinginnya. Siangnya, bisa jadi mencair lagi," ujarnya.

Surip menambahkan, bun upas biasanya terjadi pada puncak kemarau, antara pertengahan Agustus atau awal September. Saat masih ada gerimis, bun upas sulit terbentuk karena suhu udara masih berada di kisaran 7 derajat Celsius. Pada tahun lalu, saat terjadi kemarau basah, bun upas hanya terpantau muncul sekali di Dieng, yakni di akhir Agustus.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solusi Kekinian untuk Rambut Kering dan Rusak

Posted: 27 Jul 2017 09:00 PM PDT

Rambut adalah mahkota bagi sebagian besar wanita. Hal ini yang menyebabkan mengapa wanita lebih sering merawat rambut agar membuat rambutnya sehat dan bagus.

Nyatanya, tidak semua wanita memiliki rambut yang sehat. Ada pula orang yang memiliki rambut rusak dan kering karena jarang dirawat. Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir.

Cukup dengan menggunakan Cocoa atau coklat bubuk, telur, dan yoghurt, Anda dapat membuat sendiri masker untuk rambut Anda yang kering dan rusak. Gunakan masker ini paling minimal satu minggu sekali, maka Anda akan terbebas dari rambut kering dan rusak. *

(Fransiska Wahyuning)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejuaraan Voli Asia 2017, Jadwal Laga Timnas Indonesia

Posted: 27 Jul 2017 09:00 PM PDT

Usai menghadapi Korea Selatan, ujian berat kembali menanti timnas Indonesia di Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017. Indonesia bakal melakoni laga terakhir Grup E dengan menghadapi Jepang, Sabtu (29/7/2017).

Sebelumnya, timnas Indonesia gagal meraup hasil maksimal pada laga perdana Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017. Mereka menyerah 1-3 (21-25, 25-20, 14-25, 16-25) dari Korsel di GOR Tri Dharma, Gresik, Kamis (27/7/2017).

Hasil itu menempatkan Indonesia di posisi terbawah Grup E dengan raihan satu poin. Itu karena mereka belum mampu meraih kemenangan atas empat tim di Grup E. Karenanya, laga melawan Jepang bakal menjadi penentu jika Indonesia tak ingin berakhir sebagai juru kunci.

Pada laga lain di Grup F 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017, pertarungan sengit bakal terjadi di antara empat tim. Tiongkok akan menghadapi China Taipei dan Iran menantang Australia. Saat ini keempat tim sama-sama mengoleksi empat poin. *

Jadwal Laga, Sabtu (29/7/2017)

Grup E

16:30 WIB: Kazakhstan vs Korsel
19:00 WIB: Indonesia vs Jepang

Grup F

11:30 WIB: Tiongkok vs China Taipei
14:00 WIB: Iran vs Australia

Klasemen Grup 8 Besar

Posisi/Tim/Menang/Kalah/Selisih Set/Poin

Grup E

1. Korsel: 2 / 0 / 6-3 / 5
2. Jepang: 1 / 1 / 5-3 / 4
3. Kazakhstan: 1 / 1 / 3-5 / 2
4. Indonesia: 0 / 2 / 3-6 / 1

Grup F

1. Australia: 1 / 1 / 4-3 / 3
2. Iran: 1 / 1 / 3-3 / 3
3. Tiongkok: 1 / 1 / 3-3 / 3
4. China Taipei: 1 / 1 / 3-4 / 3

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Router Linksys Jauh Lebih Mahal Ketimbang Merek Tiongkok

Posted: 27 Jul 2017 09:00 PM PDT

Perangkat network seperti router banyak beredar di pasaran, mulai dari yang berspesifikasi tinggi hingga rendah serta dibanderol dengan harga mahal dan murah. Namun, kebanyakan pengguna menginginkan harga perangkat terjangkau dan berkualitas.

Salah satu penyedia perangkat jaringan, Linksys, memahami kondisi tersebut, terutama untuk pasar Indonesia.

Sales Manager Belkin Indonesia Veroniaty Chang mengatakan, produk router WiFi dari Linksys berbeda dari para pesaingnya (salah satunya router buatan Tiongkok) yang hanya menawarkan harga murah tapi tak mengutamakan kualitas.

"Produk Linksys sebenarnya sangat segmented karena menyasar pengguna yang benar-benar membutuhkan pengalaman internet mendalam, seperti streaming, gim online, transaksi online secara real-time. Meski mahal--dua sampai tiga kali lipat dari kompetitor--Linksys menyuguhkan koneksi yang jauh lebih stabil," papar Vero, sapaan karibnya kepada Tekno Liputan6.com, Kamis (28/7/2017) sore di Jakarta.

Selain itu, tambah Vero, kebanyakan produk router dari Linksys tidak cepat panas atau overheating, meskipun terhubung ke banyak perangkat gadget.

"Misalnya di sebuah ruangan ada 10 orang yang perangkatnya terhubung ke router Linksys. Kecenderungan yang terjadi adalah router akan cepat panas. Kalau perangkatnya tidak berkualitas bisa hang. Untuk menjaga agar prosesor di dalam router tidak overheating, Linksys membenamkan teknologi heatsink," jelasnya.

Selain itu, kata Vero, garansi yang ditawarkan produk Tiongkok rata-rata hanya setahun. Sementara Linksys berani menawarkan garansi hingga tiga tahun.

"Sebelumnya kami hanya menawarkan garansi selama setahun. Setelah di bawah Belkin, kami memberikan tiga tahun karena level kerusakannya sangat kecil," tukasnya.

Vero mengungkap, setelah perusahaan di-takeover oleh Belkin, harga produk dari Linksys sebenarnya lebih merakyat, tapi tidak semurah brand Tiongkok karena perusahaan mempertahankan kualitas.

"Misalnya produk router WiFi Linksys tipe EA6350 sebelumnya dibanderol Rp 1,7 juta, saat ini hanya dilego Rp 1,4 juta. Perusahaan juga memberlakukan sistem One O One Replacement, di mana produk yang rusak akan dihancurkan (tidak diperbaiki) untuk menjaga kualitas produk," pungkasnya.

(Isk/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Aturan Makan Pasca-Operasi Langit-Langit Sumbing

Posted: 27 Jul 2017 09:00 PM PDT

Setelah anak menjalani operasi sumbing (celah) pada langit-langit mulut, ada aturan makanan tertentu yang harus dipatuhi. Langit-langit sumbing terjadi karena ketidaksempurnaan terbentuknya struktur langit-langit sejak lahir.

Dokter Prasetyanugraheni Kreshanti, SpBP-RE (KKF), spesialis bedah plastik Cleft & Craniofacial Center, RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, mengatakan pasien tidak boleh menggunakan sedotan dan dot. Hal ini bertujuan agar bekas luka operasi tidak tertusuk-tusuk.

"Selain itu, makan makanan yang cair dan lunak dulu. Hari ke-2 sampai hari ke-4 setelah operasi langit-langit sumbing, pasien makan bubur susu cair. Hari ke-5 sampai hari ke-10 makan bubur nasi encer dan telur. Hari ke-10 sampai hari ke-20 makan bubur nasi dan telur. Lepas hari ke-20 dan seterusnya, pasien sudah boleh makan nasi tim, telur, dan ikan," ujar dr Heni, panggilan akrabnya, saat ditemui di acara "Bulan Kepedulian Sumbing dan Kelainan Craniofacial Lainnya" di RSCM Kencana, Jakarta, ditulis Jumat (28/7/2017).

dr Heni melanjutkan, aturan makan tersebut berlaku dan terhitung sampai enam minggu setelah operasi langit-langit sumbing. Selama enam minggu itulah pasien hanya boleh minum air putih. Setelah enam minggu, pasien diperbolehkan agak bebas makannya. Pasien bisa makan apa saja.

Aturan makan untuk operasi langit-langit sumbing terbilang ketat. Berbeda bila pasien hanya menjalani operasi bibir sumbing. Pola makan tidak berubah, pasien bisa makan apa saja.

Pun begitu, anak yang masih menyusui bisa menggunakan dot yang biasa dipakainya sebelum operasi bibir sumbing.

"Untuk aturan pasca-operasi bibir sumbing tidak ada perubahan aturan soal makan dan minum. Pasien bisa makan dan minum seperti biasanya saja," ujarnya.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bridestory Market, Pasar Malam dalam Pameran Pernikahan Terbesar

Posted: 27 Jul 2017 09:00 PM PDT

Bridestory Market resmi digelar pada Kamis (27/7/2017) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. Setelah sukses dengan Bridestory Fair di bulan Februari lalu, kali ini Bridestory kembali dengan pameran berskala yang lebih besar se Asia Tenggara, 600 vendor pernikahan dalam 20 kategori dari 5 negara.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, jangan ragu untuk mengunjungi pameran Bridestory Market, yang akan menyuguhkan berbagai pilihan. Beragam vendor yang berasal dari Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Korea bisa Anda temukan dalam satu tempat, menawarkan venue, fotografer, videografer, busana pengantin, undangan, katering, hingga bulan madu.

Tidak hanya itu, Bridestory Market kali ini juga menggunakan tema yang cukup menarik dan baru pertama kali digunakan, yaitu European Night Market. Tema ini akan terlihat begitu Anda memasuki hall 5 sampai dengan 7 yang dihiasi oleh lampu fairylight dan elemen kayu, seperti berjalan-jalan di pasar malam Eropa.

"Kali ini, kita pengen konsep yang bisa membuat calon pengantin itu lebih santai saat mencari kebutuhan pernikahannya. Kita juga bekerja sama dengan Market & Museum, biar keluarga yang menunggu juga bisa beristirahat sambil menikmati hidangan yang ada," ungkap Ayunda Wardhani, Editor in Chief Bridestory.

Dengan adanya Market & Museum, Anda bisa menikmati lebih dari 50 vendor makanan dan minuman selagi menghabiskan waktu di Bridestory Market. Selama pameran berlangsung, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai doorprize dan grandprize menarik.

Transaksi minimal Rp 1.000.000 di vendor tertentu selama pameran berlangsung, Anda berhak mendapatkan satu voucher doorprize. Sama halnya dengan grandprize yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan transaksi minimal Rp 5.000.000 selama pameran Bridestory Market berlangsung.

Menariknya, bagi Anda yang beruntung, grandprize Bridestory Market berupa satu unit mobil MBW tipe X1, paket honeymoon ke Jepang, Korea, Bali dari Traveloka, dan voucher belanja senilai Rp 100 juta dari Urban Quarter. Bridestory Market akan dibuka hingga jam 12 malam di hari Jumat dan Sabtu, kemudian jam 10 malam di hari Minggu, jangan sampai ketinggalan!

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Anak Kecil Freestyle di Atas Motor Jadi Viral di Asia

Posted: 27 Jul 2017 09:00 PM PDT

Masih banyak anak di bawah umur yang berkeliaran mengendarai motor di Indonesia. Peraturan yang mengharuskan para pengendara kendaraan bermotor berusia minimal 17 tahun seakan tidak dianggap. Begitu juga yang terjadi di dalam video ini.

Di dalamnya, terlihat ada anak kecil yang berusaha melakukan "freestyle" sambil mengendarai sepeda motor. Bocah laki-laki tersebut terlihat berusaha menaikkan roda depan motor untuk melakukan freestyle "wheelie". Percobaan pertamanya berhasil, tetapi roda sepeda motor tidak terangkat cukup tinggi. Kemudian, ia melakukan percobaan kedua. Awalnya percobaan kedua berjalan mulus, tetapi motor oleng dan menyebabkan ia terjatuh ke aspal.

Video tersebut akhirnya viral. Video yang diunggah oleh akun Facebook Eris Riswandi pada tanggal 24 Juli 2017 ini telah dilihat sebanyak 1,7 juta kali. Tak hanya di Indonesia, komentar warganet juga berdatangan dari berbagai negara di Asia seperti Vietnam dan Kamboja. Mereka mengomentari perbuatan ceroboh anak kecil tersebut, bahkan tak sedikit yang menertawainya. *

(Cynthia Natasha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Kompetisi Melamun di Korea Selatan, Tertarik Ikutan?

Posted: 27 Jul 2017 09:00 PM PDT

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang terkenal begitu sibuk di dunia. Banyaknya aktivitas hingga tuntutan pekerjaan dan pendidikan, terkadang membuat masyarakat Korea Selatan rentan akan stres.

Namun, di balik kesibukan negara ini, ternyata ada satu kompetisi yang terbilang aneh. Kompetisi ini disebut sebagai "Space Out Challenge" atau yang berarti kompetisi melamun.

Dilansir dari visualtvdotlive, baru-baru ini, kompetisi ini sudah ada sejak 2014 dan semakin menarik perhatian publik. Kompetisi ini, sesuai dengan namanya, mengharuskan para peserta untuk berdiam diri selama 90 menit. Para peserta diminta berkumpul di sebuah lapangan dan duduk menatap lurus ke depan.

Mereka tidak boleh melakukan apa pun. Peraturannya, mereka tidak boleh membawa gadget seperti handphone atau perangkat elektronik lainnya. Mereka juga tidak boleh berbicara, tertawa, atau tidur. Apabila para peserta tertangkap melanggar peraturan, maka mereka akan dieliminasi.

Para peserta tetap boleh beraktivitas seperti ke kamar mandi atau meminta minum, tetapi tidak boleh melakukan apa pun selain itu.

Bagaimana cara menentukan pemenangnya? Pemenang akan ditentukan dari peserta yang memiliki detak jantung paling tenang. Setiap 15 menit sekali, para panitia akan mengecek detak jantung peserta dan menilai mana yang semakin lama semakin tenang detak jantungnya.

 

Salah satu penyanyi R&B Korea Selatan, Crush, bahkan pernah mengikuti kompetisi ini dan memenangkannya karena memiliki detak jantung paling tenang. Keikutsertaannya bahkan disiarkan lewat acara I Live Alone.

Kompetisi ini bisa disebut sebagai simbolisiasi untuk membawa kesadaran yang lebih besar kepada semua orang di dunia. Otak dan badan kita perlu beristirahat agar kita dapat memproses informasi dengan benar, menangani stres dan meningkatkan efektivitas memori.

Apa kalian tertarik untuk mengikuti "Space Out Challenge" ini? (Khansa Olivia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Kantongi Rp 118,5 Triliun dari Penjualan Listrik

Posted: 27 Jul 2017 08:55 PM PDT

PT PLN (Persero) mencatat, penjualan tenaga listrik selama periode enam bulan 2017 sebesar Rp 118,5 triliun. Angka ini mengalami kenaikan sebesar Rp 13,8 triliun atau 13,22 persen, dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 104,7 triliun.

Direktur Keuangan PLN Sarwono mengatakan, pertumbuhan penjualan ini berasal dari kenaikan volume penjualan selama semester 1 2017 menjadi sebesar 108,4 Terra Watt hour (TWh) atau naik 1,17 persen dibanding dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 107,2 TWh.

"Kenaikan konsumsi kWh tersebut didominasi oleh konsumsi listrik di golongan tarif industri,"  ‎papar Sarwono, di Jakarta, Jumat (28/7/2017).

‎Peningkatan penjualan tersebut sejalan dengan keberhasilan PLN selama semester pertama 2017 menambah kapasitas pembangkit sebesar 1.663 MW. Tambahan pasokan tersebut berasal dari pembangkit PLN sebesar 463 MW dan tambahan kapasitas dari Independent Power Producer (IPP) sebesar 1.199 MW, serta menyelesaikan 1.489 kilometer sirkuit (kms) jaringan transmisi dan Gardu Induk sebesar 5.750 MVA.

Peningkatan konsumsi kWh ini juga didukung dari adanya kenaikan jumlah pelanggan, sampai dengan akhir Semester I tahun 2017 telah mencapai 65,9 juta atau bertambah 1,6 juta pelanggan dari akhir tahun lalu sebesar 64,3 juta pelanggan.

Dia menambahkan, bertambahnya jumlah pelanggan ini juga mendorong kenaikan rasio elektrifikasi nasional dari 91,16 persen pada 31 Desember 2016 menjadi 92,79 persen pada 30 Juni 2017.

Meskipun pada paruh pertama 2017 ini beberapa kondisi makro yang mempengaruhi penyesuaian tarif tenaga listrik yaitu Kurs Dollar Amerika, Indonesia Crude Price (ICP) dan/atau Inflasi mengalami kenaikan dibanding dengan acuan APBN. Namun demi mendukung kepentingan masyarakat serta untuk menjaga agar sektor Bisnis dan Industri tetap kompetitif, Perseroan memutuskan untuk tidak menaikkan tarif.

"PLN melakukan efisiensi pada beberapa elemen biaya operasi yang berada dalam kendali perusahaan, untuk menutup kekurangan marjin usaha tersebut," tutup Sarwono.


PT PLN (Persero) mencatat penjualan tenaga listrik selama periode enam bulan 2017 sebesar Rp 118,5 triliun, mengalami kenaikan sebesar Rp 13,8 triliun atau 13,22 persen, dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 104,7 triliun.

Direktur Keuangan PLN Sarwono menatakan, pertumbuhan penjualan ini berasal dari kenaikan volume penjualan selama semester 1 2017 menjadi sebesar 108,4 Terra Watt hour (TWh) atau naik 1,17 persen dibanding dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 107,2 TWh.

"Kenaikan konsumsi kWh tersebut di dominasi oleh konsumsi listrik di golongan tarif industri,"  ‎papar Sarwono, di Jakarta, Jumat (28/7/2017).

‎Peningkatan penjualan tersebut sejalan dengan keberhasilan PLN selama semester pertama 2017 menambah kapasitas pembangkit sebesar 1.663 MW. Tambahan pasokan tersebut berasal dari pembangkit PLN sebesar 463 MW dan tambahan kapasitas dari Independent Power Producer (IPP) sebesar 1.199 MW, serta menyelesaikan 1.489 kilometer sirkuit (kms) jaringan transmisi dan Gardu Induk sebesar 5.750 MVA.

Peningkatan konsumsi kWh ini juga didukung dari adanya kenaikan jumlah pelanggan, sampai dengan akhir Semester I tahun 2017 telah mencapai 65,9 juta atau bertambah 1,6 juta pelanggan dari akhir tahun lalu sebesar 64,3 juta pelanggan.

Dia menambahkan, bertambahnya jumlah pelanggan ini juga mendorong kenaikan rasio elektrifikasi nasional yaitu dari 91,16 persen pada 31 Desember 2016 menjadi 92,79 persen pada 30 Juni 2017.

Meskipun pada paruh pertama 2017 ini beberapa kondisi makro yang mempengaruhi penyesuaian tarif tenaga listrik yaitu Kurs Dollar Amerika, Indonesia Crude Price (ICP) dan/atau Inflasi mengalami kenaikan dibanding dengan acuan APBN. Namun demi mendukung kepentingan masyarakat serta untuk menjaga agar sektor Bisnis dan Industri tetap kompetitif, Perseroan memutuskan untuk tidak menaikkan tarif.

"PLN melakukan efisiensi pada beberapa elemen biaya operasi yang berada dalam kendali perusahaan, untuk menutup kekurangan marjin usaha tersebut," tutup Sarwono.



This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada 6 Varian Small MPV Mitsubishi, Ini Perkiraan Harganya

Posted: 27 Jul 2017 08:47 PM PDT

Small MPV Mitsubishi sudah diperkenalkan secara resmi beberapa waktu lalu. Tapi, informasi resmi mengenai harga, varian, dan spesifikasi detail mobil yang digadang-gadang bakal bernama Expander ini masih sangat minim.

"Varian memang ada enam, namun spesifikasi dan harga lengkap resmi memang belum diumumkan oleh pihak MMKSI," jelas salah satu tenaga penjual Mitsubishi di sebuah dealer di Jakarta Barat, ketika dikonfirmasi Jumat (28/7/2017).

Menurutnya, konsumen sudah bisa melakukan inden hanya dengan membayar booking fee Rp 5 juta, dan langsung masuk daftar antrian small MPV Mitsubishi.

Sebelumnya Liputan6.com mendapat dari informasi mengenai varian dan harga small MPV Mitsubishi tersebut. Disebutkan Expander tersedia dalam enam varian, yaitu GLX M/T Rp 189 juta, GLX A/T Rp 199 juta, GLS M/T Rp 209 juta, GLS A/T Rp 219 juta, Exceed A/T Rp 232 juta dan Ultimate A/T Rp 246 juta.

Selain varian dan harga lengkap, ada juga informasi lebih detail setiap varian, seperti GLX M/T dilengkapi pelek kaleng + dop, lampu senja bohlam, stoplamp bohlam, dual SRS airbags, AC double blower, immobilizer, rear wiper, power window empat pintu.

Sementara itu, tipe GLX A/T mendapatkan 4 speed A/T, lalu GLS M/T dibekali pelek alloy 15 inci, DRL, foglamp, ABS, EBD, BA, lalu untuk GLS A/T mendapatkan 4 speed A/T.

Sedangkan small MPV Mitsubihsi varian  Exceed A/T dilengkapi pelek alloy 16 inci, optitron speedo dan full TFT MID, LED bar stoplamp, audio steering switch, smart key dan start stop button, dan electric retract. Untuk varian tertinggi, yaitu Ultimate A/T mendapatkan two tone beige atau black interior, wood panel, monitor head unit, rear camera, Bluetooth steering switch, dan body kit.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cara Pembina Hilangkan Rasa Rindu Calon Paskibraka 2017

Posted: 27 Jul 2017 08:46 PM PDT

Homesick atau rindu suasana rumah kerap kali melanda setiap orang yang bepergian dalam waktu lama, terutama bagi mereka yang baru pertama kali berada jauh dari keluarga. Tak terkecuali calon Paskibraka Nasional 2017, yang baru saja berpisah dengan kedua orangtuanya.

Untuk menghilangkan rasa rindu yang sering melanda calon Paskibraka 2017, pembina pun berinisiatif membuat ruang konsultasi. Ini merupakan terobosan baru yang dibuat oleh pembina Paskibraka Nasional.

Pembina calon Paskibraka Nasional 2017 Tri Sugiarti mengatakan, ruang konsultasi ini dibuat untuk melihat pengalaman Paskibraka pada tahun sebelumnya yang terganggu secara fisik dan mentalnya.

"Ini baru dibuat di tahun ini. Karena mendengar cerita dari adik-adik banyak yang merasakan terganggu secara fisik. Maksudnya itu stres karena kangen kepada orangtua. Makanya dibuat seperti ini," kata Tri kepada Liputan6.com di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur, Kamis 27 Juli 2017.

Selain itu, calon Paskibraka Nasional juga dapat menceritakan masalah apa pun kepada pembina, seperti masalah saat mengikuti pelatihan, masalah berkomunikasi, dan lainnya.

"Ya apa pun bisa mereka ceritakan. Tapi biasanya yang sering diceritakan oleh mereka itu adalah homesick, sulit menyesuaikan diri dengan Paskibraka lain," terang Tri.

Adiwijaya Rahmat, calon Paskibraka Nasional 2017 asal Sulawesi Barat mengaku sangat tertarik dengan adanya ruang konsultasi tersebut. Dia pun berencana akan berkonsultasi dengan pembina, untuk menghilangkan rasa gugup saat berbicara dengan pelatih.

"Iya, rencana mau datang. Soalnya mau cerita minta tips untuk menghilangkan rasa takut dan gugup saat latihan dan berbicara," tutur siswa SMAN 1 Budong-Budong, Mamuju, Sulawesi Barat ini.

Begitupun dengan Lafinia Annisa, calon Pakibraka Nasional asal Provinsi Riau. Dia juga ingin berkonsultasi tentang solusi menghilangkan homesick kepada pembina.

"Pengen nanya-nanya tentang solusi biar tidak homesick dan tidak gugup," tandas siswi SMAN 1 Pekanbaru ini.


Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Peluang Persela Tinggalkan Zona Berbahaya

Posted: 27 Jul 2017 08:45 PM PDT

Persela Lamongan berpeluang meninggalkan papan bawah klasemen Liga 1. Syaratnya, mereka menaklukkan Barito Putera di Stadion Surajaya, Jumat (28/7/2017).

Kemenangan pada laga tersebut akan mengangkat posisi Persela yang menempati peringkat 13 klasemen Liga 1, hanya dua angka di atas zona degradasi.

Mengoleksi 21 angka, mereka bahkan melewati Barito Putera yang memiliki 24 poin. Sebab, Persela memiliki produktivitas gol positif.

Sebaliknya, hasil berbeda membawa Barito Putera ke persaingan papan atas. Mereka bakal menempel PSM Makassar yang menduduki peringkat lima.

Di Stadion Aji Imbut, Mitra Kukar juga berpotensi melesat saat menjamu Persiba Balikpapan. Seperti Barito Putera, mereka juga mengoleksi 24 nilai dari 16 pertandingan yang sudah dijalani.

Peluang Mitra Kukar berjaya sangat terbuka karena Persiba terdampar di dasar klasemen Liga 1.

1 Persipura Jayapura 16 9 3 4 28-19 30
2 Bhayangkara 16 10 0 6 26-21 30
3 Madura United 16 8 5 3 29-17 29
4 Bali United 16 9 2 5 29-17 29     
5 PSM Makassar 16 8 4 4 24-18 28
6 Persija Jakarta 16 6 7 3 17-9 25
7 Arema 16 7 4 5 15-16 25
8 Barito Putera 16 7 3 6 20-21 24
9 Mitra Kukar 16 7 3 6 24-30 24
10 Borneo 16 7 2 7 23-19 23
11 PS TNI 16 6 4 6 25-29 22
12 Semen Padang 16 6 4 6 14-19 22
13 Persela Lamongan 16 6 3 7 23-20 21
14 Persib Bandung 16 5 6 5 15-16 21
15 Sriwijaya 15 5 4 6 19-19 19
16 Perseru Serui 15 2 5 8 9-20 11
17 Gresik United 16 1 4 11 14-30 7
18 Persiba Balikpapan 16 1 3 12 12-27 6

 

Saksikan video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menengok Kondisi Tunawisma Bertahan Hidup di Brasil

Posted: 27 Jul 2017 08:44 PM PDT

Seorang wanita tunawisma menarik gerobaknya yang dipenuhi barang daur ulang pada malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Seorang wanita tunawisma menarik gerobaknya yang dipenuhi barang daur ulang pada malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Seorang wanita tunawisma bersiap untuk tidur atas trotoar saat malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Seorang wanita tunawisma bersiap untuk tidur atas trotoar saat malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Seorang tunawisma tidur di atas trotoar saat malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Seorang tunawisma tidur di atas trotoar saat malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Sejumlah tunawisma tidur di atas trotoar saat malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Sejumlah tunawisma tidur di atas trotoar saat malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Seorang wanita tunawisma membawa gerobaknya yang dipenuhi barang daur ulang pada malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

Seorang wanita tunawisma membawa gerobaknya yang dipenuhi barang daur ulang pada malam dengan cuaca dingin di pusat kota Sao Paulo, 19 Juli 2017. Menurut pejabat setempat, setidaknya 16.000 tunawisma tinggal di kota Sao Paulo. (AP Photo / Andre Penner)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muslim Yerusalem Bersiap Salat Jumat di Al Aqsa Pasca-Bentrok

Posted: 27 Jul 2017 08:43 PM PDT

Bentrokan terjadi antara umat Muslim dan pasukan keamanan Israel di Kota Tua Yerusalem pada Kamis 27 Juli 2017 waktu setempat, ketika para jemaah hendak melanjutkan salat di dalam kompleks Al Aqsa.

Mereka bahkan kembali untuk salat Jumat pertama kalinya dalam hampir dua minggu, setelah Israel menghapus langkah-langkah keamanan yang kontroversial dari pintu masuk ke tempat suci yang dikenal umat Islam sebagai Tempat Suci dan Yahudi sebagai Temple Mount.

Keputusan untuk salat di dalam -- bukan di luar lokasi sebagai protes -- mengikuti sebuah rekomendasi dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan para pemimpin Muslim di Yerusalem.

Banyak jemaah masuk dengan cara yang teratur, meski terkadang terlibat perkelahian dengan para petugas. Polisi Israel melemparkan granat setrum dan granat asap untuk membubarkan massa, lalu dibalas dengan umat Muslim melalui lemparan botol air dan batu.

Ribuan orang menanggapi seruan para pemimpin agama Islam untuk menghadiri salat subuh pada Kamis 27 Juli. Mereka meminta para jemaah untuk masuk melalui semua gerbang secara bersama-sama.

Seruan untuk salat subuh juga datang dari Otoritas Yordania-- yang turut bertanggung jawab atas situs suci tersebu--  Islamic Waqf. Pihaknya juga mendorong jemaah untuk kembali salat pada Kamis pagi di dalam kompleks tersebut.

Di tengah keramaian jemaah terlihat kehadiran pihak keamanan Israel tengah berjaga.

Pemimpin Waqf memutuskan tak masuk ke Al Aqsa untuk salat setelah Israel melakukan pengamanan pasca-terbunuhnya dua polisi Israel yang berjaga di sana pada insiden dua minggu lalu. Langkah itu kemudian diikuti oleh banyak umat Islam.

Sebelumnya, Mufti Agung Yerusalem dan Imam Masjid Al Aqsa mengatakan bahwa mereka merasa puas dengan pemindahan detektor logam Israel, dan tindakan pengamanan lainnya yang ditentang oleh umat Islam.

Salat Jumat Bersama

Para pemuka agama Islam itu juga meminta semua masjid di daerah tersebut untuk ditutup pada Jumat 28 Juli waktu setempat, dan langsung beribadah ke Masjid Al Aqsa.

Imbauan tersebut disampaikan setelah polisi Israel mengatakan bahwa kamera yang terpasang di situs tersebut telah diturunkan, dua hari setelah detektor logam juga dibongkar.

Israel memasang detektor logam dan kamera keamanan dekat dengan pintu masuk ke tempat suci tersebut, setelah sebuah serangan di mana dua petugas polisi Israel terbunuh.

Sebelumnya sempat beredar kabar dari para pemimpin politik dan agama ada kemungkinan terjadi demonstrasi meluas di dan sekitar Yerusalem setelah salat Jumat. Demonstrasi tersebut sering berubah menjadi bentrokan antara pemrotes Palestina dan tentara Israel, yang memicu gelombang kerusuhan.

Langkah pengamanan sekarang sama seperti sebelum serangan pada 14 Juli di lokasi tersebut, meskipun polisi sudah bersiap menghadapi lebih banyak konfrontasi. Sementara PM Netanyahu mengumumkan akan ada pengamanan lebih besar di Kota Tua itu pada hari Jumat, banyak polisi perbatasan akan dikerahkan.

"Malam, sepanjang malam, kemarin, semua struktur dan kamera yang tersisa dicabut dari daerah tersebut, yang didirikan setelah serangan terhadap petugas," kata polisi Israel kepada CNN.

"Saat ini polisi berada di dalam dan di sekitar wilayah yang berbeda di Kota Tua itu. Kami memantau keamanan menjelang salat Jumat."

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Jessica Iskandar, Vishal Singh: Saya Beruntung Memiliki Dia

Posted: 27 Jul 2017 08:40 PM PDT

Vishal Singh menjadi salah satu aktor India yang mendapat kesempatan untuk tampil di Indonesia. Lantaran sering beradu akting dengan selebritas Indonesia, Vishal pun dekat dengan mereka.

Salah satunya yang menjadi spesial buat Vishal Singh adalah Jessica Iskandar. Meski Jedar—sapaan Jessica Iskandar—belum mengakuinya sebagai pacar, Vishal telah mengonfirmasi kepada SpotboyE baru-baru ini bahwa dirinya sedang berkencan dengan ibu satu anak tersebut.

Di akun Instagramnya masing-masing, Vishal dan Jedar telah mengunggah foto mereka berdua di berbagai kesempatan. Terlebih saat anak Jedar, El Barack Alexander, merayakan ulang tahunnya yang ke-3. (Instagram/Inijedar)

"Saya hanya ingin mengatakan bahwa Jessica telah membuat saya sadar bahwa saya memiliki ruang kosong dalam hidup saya untuk waktu yang lama dan telah diisi dia. Saya menjadi lebih baik karena dia. Dia paling manis. Saya beruntung memiliki seorang gadis seperti dia dalam hidup saya," ungkap Vishal Singh.

Kedekatan Jessica Iskandar dan Vishal Singh bermula dari seringnya mereka bertemu dalam sebuah acara televisi. Dan pemeran Jigar Modi dalam serial Gopi ini kerap menyelipkan keterangan manis di setiap foto dirinya bersama Jedar di akun Instagram.

Dalam acara ulang tahun anak semata wayang Jessica Iskandar, El Barack, Vishal Singh pun hadir. Ia terlihat mesra dengan wanita yang sempat dikabarkan dekat dengan mendiang Olga Saputra ini.

Vishal Singh, salah satu aktor India yang namanya sedang menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Pria tampan ini kabarnya berhasil memikat hati aktris Indonesia, Jessica Iskandar. (Instagram/vishal.singh786)

Dalam kesempatan yang sama, Jessica Iskandar pun tak malu-malu lagi duduk berdua dengan Vishal Singh. Bahkan, keduanya berpegangan tangan.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benarkah Indonesia Darurat Utang? Ini Penjelasan Lengkapnya

Posted: 27 Jul 2017 08:38 PM PDT

Utang pemerintah Indonesia tercatat senilai Rp 3.706,52 triliun hingga Juni 2017. Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) telah menambah utang sebesar Rp 1.166 triliun di periode 2015-2017 yang diklaim penggunaannya untuk kegiatan produktif, seperti membangun infrastruktur, belanja pendidikan, kesehatan, sampai dengan meningkatkan perlindungan sosial.

Dengan posisi utang Rp 3.706,52 triliun, benarkah utang Indonesia ini sudah tanda lampu merah atau darurat utang?

Dikutip dari data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Jumat (28/7/2017), saat ini kebutuhan pembangunan di Indonesia sangat besar dan mendesak. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tanah Air masih lebih rendah dibanding sejumlah negara.

Data menunjukkan, pada 2015, IPM di Indonesia 0,689 lebih rendah dari Thailand, Malaysia, Singapura, bahkan Brasil dan Meksiko. Oleh karenanya, pemenuhan pendidikan, kesehatan, dan fasilitas dasar menjadi prioritas utama untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang produktif dan kompetitif.

Krisis ekonomi yang melanda dalam kurun waktu 1998-1999 menyebabkan Indonesia berbenah mengelola dampak krisis agar perekonomian tetap stabil, serta memastikan lembaga keuangan sehat dan kuat.

Untuk fokus bangkit dari keterpurukan, Indonesia harus menunda pembangunan infrastruktur selama hampir 20 tahun. Tak heran bila penyediaan infrastruktur di Indonesia masih di bawah rata-rata negara lain yang setara.

Ketertinggalan infrastruktur dan masalah konektivitas menimbulkan tingginya biaya ekonomi yang harus ditanggung masyarakat hingga rendahnya daya saing nasional. Inilah yang menjadi dasar pemerintah mengakselerasi pembangunan infrastruktur demi mengejar ketertinggalan dan meningkatkan pertumbuhan.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) disusun untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan tidak dapat ditunda. Sementara penerimaan negara belum cukup memenuhi seluruh kebutuhan tersebut sehingga menimbulkan defisit yang harus ditutupi melalui pembiayaan untuk belanja produktif.

Dalam APBN, belanja produktif meliputi 20 persen anggaran pendidikan dan 5 persen anggaran kesehatan, serta anggaran mengejar pembangunan infrastruktur. Sebelum direvisi, masing-masing anggaran di APBN 2017 sebesar Rp 416,1 triliun, Rp 104 triliun, dan anggaran infrastruktur Rp 387,3 triliun.

Anggaran infrastruktur dalam lima tahun terakhir tercatat mengalami kenaikan signifikan. Dari 2012, yang hanya Rp 140,8 triliun menjadi Rp 387,3 triliun. Sedangkan pembiayaan utang sebesar Rp 384,7 triliun untuk belanja produktif ini justru turun dibanding tahun lalu Rp 403 triliun dan Rp 380,9 triliun di 2015.  

Dari data World Economy Outlook-IMF 2017, Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan rata-rata defisit rendah -1,6 persen dibanding negara lain meski rata-rata pertumbuhan ekonomi 5,6 persen dalam satu dekade terakhir dibanding Kanada, Turki, Argentina, Brasil sampai AS.

Dengan kata lain, tambahan utang menjadi lebih kecil dibanding tambahan manfaat yang diperoleh. Inilah yang disebut utang dikelola dengan baik, terjaga, dan hati-hati.

Rasio Utang Rendah dibanding Negara Lain

Bila dibanding negara lain, rasio utang pemerintah Indonesia terhadap PDB dan tingkat per kapita, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling rendah nilainya di kawasan regional maupun dunia. Utang pemerintah memang meningkat. Namun perbandingannya dengan PDB, utang Indonesia masih tetap terkendali.

Nilai utang Rp 3.706 triliun diklaim masih di bawah 30 persen terhadap PDB. Sementara negara lain di dunia, seperti Turki di tahun lalu saja, rasionya 29 persen dari PDB. Thailand 42 persen dari PDB.

Malaysia bahkan sudah menumpuk utang dengan rasio 56 persen terhadap PDB di 2016. Sementara Jepang dan Amerika Serikat (AS) masing-masing rasio utangnya sudah mencapai 239 persen dan 107 persen terhadap PDB.

Saat ini, tiga lembaga pemeringkat rating internasional menggolongkan Indonesia sebagai negara layak investasi (investment grade). Hal ini mencerminkan, Indonesia dianggap mempunyai kemampuan bayar yang tinggi dengan risiko gagal bayar yang sangat rendah.

Rasio beban bunga terhadap belanja Indonesia 8,3 persen relatif lebih rendah dibanding negara-negara setara, seperti Meksiko 9,7 persen, Filipina 16,7 persen, Mesir 24,3 persen, dan Brasil 33,2 persen.

Rasio beban bunga terhadap total outstanding pada 2015, capaian Indonesia 4,7 persen atau lebih baik daripada Filipina 5,5 persen, Turki 6,6 persen, Meksiko 6,7 persen, Mesir 8,8 persen, dan Brasil 18 persen.

Sementara rasio beban bunga terhadap total pendapatan dan hibah Indonesia pada 2015 sebesar 9,9 persen, relatif lebih baik dari Meksiko 11,4 persen, Filipina 13,8 persen, Mesir 23,9 persen, dan Brasil 34 persen.

Pemerintah akan terus melakukan reformasi perpajakan untuk meningkatkan penerimaan negara dan menjaga keberlangsungan keuangan negara. Kondisi ini menciptakan ketahanan dan kesinambungan fiskal.

Melalui pengelolaan utang yang hati-hati dan pertumbuhan ekonomi yang tetap terjaga, maka lapangan kerja akan tercipta. Buktinya jumlah orang yang bekerja naik dari 112,76 juta orang menjadi 118,41 juta orang selama kurun waktu 2013-2016.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemerintah akan terus menjaga kebijakan fiskal dan defisit anggaran sesuai aturan perundangan dan dilakukan secara hati-hati, profesional, dan bijaksana.

Tentunya sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan utang global yang dianut seluruh negara di dunia supaya Indonesia terus maju, sejahtera, tapi tetap menjaga risiko keuangan dan utangnya.

"Utang adalah untuk investasi manusia, investasi infrastruktur. Ini adalah untuk membuat Indonesia menjadi makin kuat, sejahtera, sehingga aspek untuk membayar kembali terjaga," tukas Sri Mulyani. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pengedar Sabu Jaringan Kota Tangerang - Jakbar Diringkus

Posted: 27 Jul 2017 08:34 PM PDT

Sebanyak 58 paket sabu siap edar disita dari empat pengedar yang beraksi di perbatasan Ciledug, Kota Tangerang dan Jakarta Barat. Paket sabu ini biasa dijual kepada pelajar dan juga mahasiswa.

Pengungkapan peredaran barang haram tersebut bermula dari laporan masyarakat yang mencurigai sebuah rumah yang selalu ramai didatangi berganti-ganti orang. Warga sekitar menduga rumah tersebut dijadikan untuk transaksi narkoba.

Dari laporan tersebut, petugas dari Polsek Ciledug melakukan penelusuran. Polisi pun menangkap seorang tersangka bernama Yance Dakosta (21) yang sehari-hari berjualan sabu dalam paket kecil.

"Dari tersangka pertama, petugas menyita empat paketan kecil sabu siap edar," ujar Humas Polres Metro Tangerang Kompol Triyani, Jumat (28/7/2017).

Dari temuan ini, polisi mengembangkan dari keterangan tersangka Yance yang mengarah kepada pelaku lain yang juga pengedar narkoba di wilayah Jakarta Barat. Polisi menangkap tiga tersangka sekaligus di kawasan Tanjung Duren dan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Mereka adalah Ricky Handika (18), Renaldi (21) dan Rama Prasetya (21). "Dari ketiganya kami menyita 54 paket kecil sabu siap edar," tutur Triyani.

Tak hanya barang bukti sabu, alat timbangan digital, catatan transaksi, alat isap sabu dan enam unit telepon genggam pun turut disita polisi. Hingga kini, keempatnya mendekam di balik jeruji Polsek Ciledug untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.


Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngeri, 5 Operasi Canggih yang Pernah Dilakukan Dokter

Posted: 27 Jul 2017 08:32 PM PDT

Yang namanya operasi kedokteran, umumnya memang bisa dibilang cukup mengerikan. Namun kita harus bersyukur, sebab karena operasi kedokteran ini banyak nyawa terselamatkan.

Namun ternyata, operasi kedokteran bukan satu-satunya yang mengerikan di dunia ini, ada juga operasi teknologi yang sama seramnya. Mau tahu operasi teknologi yang seram di dunia ini? Berikut ulasannya.

1. Operasi Upload Isi Otak

Operasi ini bertujuan untuk mengupload isi pikiran ke dalam komputer. Usut punya usut, tujuannya yaitu untuk membuat cyborg. Namun, kamu kebayang nggak sih prosesnya? Ngeri pastinya. 

2. Operasi Mengganti Mata dengan Kamera

Kebutaan merupakan salah satu penyakit paling mengerikan hingga saat ini. Operasi mengganti mata dengan kamera, tentunya memiliki tujuan sangat mulia. Namun prosesnya tentu sangat mengerikan. Namun kalau sudah jadi, mungkin bisa keren seperti cyborg

3. Operasi Tanam Flashdisk di Jari

Mungkin karena terlalu sering kehilangan flashdisk, akhirnya membuat pria ini memutuskan untuk menanam flashdisk di jarinya.

4. Operasi Tanam RFID atau Microchip

Demi kemajuan teknologi, mungkin nantinya setiap manusia di dalam tubuhnya tertanam microchip. Dengan microchip ini, mampu melakukan banyak hal serba otomatis. Misalnya pintu terbuka saat mendeteksi kedatangan kamu, dan lain-lain. Namun mengerikannya, bisa saja privasi kita dimata-matai. Seperti lokasi dimana kita berada dan lain-lain. *

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye Dini, Poster Cawalkot Ramaikan Kota Serang

Posted: 27 Jul 2017 08:32 PM PDT

Pilkada Serentak baru akan berlangsung tahun 2018 mendatang. Namun, para kandidat Calon Wali Kota (Cawalkot) Serang telah ramai-ramai menyampaikan visi misi demi mendapatkan simpati dari warga Kota Serang.

Sejumlah poster berukuran kecil hingga besar juga telah terpampang hampir di seluruh penjuru ibu kota Provinsi Banten itu.

Bahkan, pepohonan tak luput dari tempelan poster para pasangan calon. Sebut saja poster Ranta Soeharta yang masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten, Eki Baihaki putra mantan Bupati Serang dua periode Ahmad Taufik Nuriman, hingga sahabat almarhum Gus Dur, Ubaidillah Kabier.

Janji-janji kampanye juga telah diumbar secara lisan oleh beberapa calon wali kota. Seperti istri Wali Kota Serang Tb Haerul Jaman, Vera Neurlaela Jaman.

"Memantapkan tata kelola pemerintahan, mewujudkan infrastruktur dan utilitas kota yang terpadu dan efisien," kata Vera, saat ditemui di Kota Serang, Banten, Jumat (28/07/2017).

Tak mau kalah, Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin turut mencalonkan diri berjanji menjadikan Serang sebagai kota santri yang religi. Dia juga menyebut, akan memperbaiki infrastruktur yang dianggap kurang baik saat ini.

"Kota Serang sejahtera dalam iklim demokrasi dengan meningkatkan fasilitas publik dan perlindungan sosial khususnya masyarakat miskin. Stabilitas daerah sebagai perwujudan sisi religi. Berpihak kepada kesejahteraan dan keadilan masyarakat," kata Suabdri, Jumat (28/07/2017).

Bahkan salah seorang "jawara" atau tokoh masyarakat yang ikut meramaikan kontestasi Pilkada Kota Serang, Agus Irawan Hasbulloh juga menyebut, akan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang handal dalam segala bidang jika dia dipilih menjadi walikota.

"Menjadikan masyarakat Kota Serang yang handal lahir batin. Menciptakan buda kerja yang efektif. Menciptakan aparatur dan masyarakat yang bersih diri serta lingkungan," janjinya.

Sedangkan bagi kandidat lain Wahyudin Jahidin, pemerintahan Kota Serang saat ini tak mampu memperbaiki perekonomian dan kualitas hidup masyarakatnya.

Untuk itu, pembenahan sistem pemerintahan, pembenahan infrastruktur jalan dan air bersih harus dioptimalkan. Juga penambahan ruang terbuka hijau, pembenahan dunia pendidikan, pengentasan kemiskinan serta peningkatan kualitas gizi dan kesehatan masyarakat kota Serang juga harus dipikirkan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instruksi Sultan HB X Hadapi Sekolah yang Tolak Imunisasi Siswa

Posted: 27 Jul 2017 08:30 PM PDT

Gubenur DIY Sultan HB X menginstruksikan kepada Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY untuk mengintensifkan pendekatan kepada sekolah dan pondok pesantren di DIY yang menolak program imunisasi campak dan rubella.

Sebelumnya, delapan sekolah dan pondok pesantren di DIY menolak kehadiran petugas imunisasi campak dan rubella dengan alasan agama, yakni kandungan vaksin haram.

"Ada komunikasi yang belum maksimal antara instansi dengan kelompok tersebut, jadi beri kesempatan dinas terkait untuk pendekatan," ujarnya, Kamis, 27 Juli 2017.

Sultan meminta kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam program imunisasi itu. Pasalnya, program itu juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga. Ia menilai, apabila masih ada yang meragukan kandungan vaksin, ada informasi yang belum tersampaikan.

Kepala Kanwil Kemenag DIY Lutfi Hamid mengaku sudah mendekati sekolah-sekolah yang menolak program imunisasi. Ia meyakini setelah pendekatan itu, sekolah akan mengubah kebijakannya. Namun, ia tidak bisa menjamin karena kebersediaan mengikuti imunisasi tidak tertuang dalam surat pernyataan.

"Itu jadi wewenang Dinas Kesehatan," ucapnya.

Pada 2013, Majelis Ulama Indonesia (MUI) DIY mengeluarkan surat Rekomendasi Dewan Pimpinan MUI DIY No. B-236/MUI-DIY/VII/2013 yang berisi dukungan terhadap pelaksanaan program imunisasi rutin serta di sekolah, mengingat pentingnya pencegahan terhadap anak bangsa.

Salah satu poin rekomendasi adalah tidak perlu khawatir dengan vaksin yang digunakan untuk program pemerintah, baik itu pada bayi, batita (bayi bawah tiga tahun), dan siswa sekolah.

MUI juga mendukung program pemerintah terkait imunisasi rutin untuk beberapa jenis penyakit seperti TBC, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis, pneumoni, meningitis, polio, dan campak.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Anti-Kanker, Ini 4 Khasiat Tak Terduga Daun Pepaya

Posted: 27 Jul 2017 08:30 PM PDT

Banyak orang sudah tahu kandungan dan manfaat buah pepaya. Buah yang kaya antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim ini berkhasiat melancarkan buang air besar dan diet.

Selain buahnya, ternyata daun pepaya juga bisa dikonsumsi. Namun sayang, tak banyak yang mengetahui khasiatnya.

Dilansir dari laman Step to health, Jumat (28/7/2017), kandungan antioksidan dalam daun pepaya ternyata dapat membantu melawan kanker tanpa efek samping.

Hal ini berkhasiat jika Anda mengonsumsi daun pepaya secara rutin empat kali seminggu dan disertai olahraga dan pola hidup sehat.

Selain itu, daun pepaya juga memiliki khasiat lainnya, seperti:

1. Mengurangi pembengkakan akibat demam berdarah

Daun pepaya mengandung enzim yang membantu meredakan bengkak, demam, rasa nyeri dan flu saat demam berdarah.

2. Mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh hormon. Jika Anda sudah mengobati jerawat, tapi tak kunjung sembuh, cobalah obati dengan daun pepaya.

Caranya, buatlah masker dengan cara mencampur daun pepaya dan air di dalam blender hingga membentuk pasta. Oleskan ke jerawat dan biarkan selama 15 menit.

3. Menyehatkan rambut

Seringkali pepaya digunakan dalam produk kecantikan. Tak hanya pepaya, daunnya pun bisa diseduh seperti teh dan digunakan sebagai campuran pada sampo.

Hal ini berguna untuk membuat rambut berkilau dan kuat.

4. Meredakan kram menstruasi

Untuk meredakan kram saat menstruasi, minumlah teh yang dibuat dari daun pepaya beberapa kali dalam sehari.

5. Menguatkan daya tahan tubuh

Kandungan tinggi phytonutrien dalam daun pepaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi, dan infeksi perut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggah Video Topless, DJ Seksi Ini Panen Komentar Pedas

Posted: 27 Jul 2017 08:30 PM PDT

Orang-orang semakin bebas dan berani saja mengekspresikan diri di media sosial seperti Instagram. Mengumbar kemolekan tubuh kini seolah tak lagi tabu, demi mendapatkan perhatian dari para warganet.

Hal seperti itu juga sepertinya yang baru saja terjadi pada penyanyi dan DJ seksi Dinar Candy. Demi mendapat perhatian dari para warganet, Dinar Candy mengunggah sebuah video yang bisa dibilang sangat berani.

Dinar Candy (Instagram)

Rabu (26/7/2017) malam, Dinar Candy mengunggah sebuah video singkat di Instagram. Di video tersebut, pelantun Bikin Gondok (BiGo) itu tampil topless. Meski kedua payudaranya masih ditutupi tangan, namun tetap saja, Dinar Candy terlihat sensual.

"Hallo semuanya, aku lagi pake bra kulit tren 2017. Bagus kan?," kata Dinar Candy dengan nada menggoda. Setelah Dinar Candy, tiba-tiba muncul pria gemulai yang bertelanjang dada sambil menutupi bagian dadanya. Pria tersebut pun berlagak seperti Dinar Candy.

Mungkin Dinar Candy berniat membuat candaan dengan video tersebut. Namun tetap saja, para warganet menyesalkan tindakan berani Dinar tersebut.

Dinar Candy (Instagram)

Seperti akun @fajril_akbar yang berkomentar: "Publik figur yang pernah tampil di salah satu stasiun tv swasta seperti ini toh..." Atau pemilik akun @sadamsyah12 yang terkejut dengan video tersebut, "Astafirullah al azimm... Jadi DJ aja udah terkenal, jangan sampai dibuka-buka gitu." Atau pemilik akun @riovenenoo yang berkomentar pedas, "Kasian... padahal lu public figur, tapi malah doing something stupid kayak gini."

Kemunculan Dinar Candy di dunia showbiz Tanah Air ini memang cukup menarik perhatian. Sahabat Nikita Mirzani ini mengakui telah melakukan operasi memperbesar payudara dan membuatnya laris mendapat tawaran manggung. Ia juga mengaku pernah ditipu Andika Kangen Band dalam kasus pembelian lagu.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Kucurkan Miliaran Dolar untuk Panel OLED LG?

Posted: 27 Jul 2017 08:30 PM PDT

LG Display mengucurkan dana segar 9,6 triliun won atau sekira US$ 8,50 miliar untuk produksi panel OLED. Keputusan tersebut dilaporkan karena Apple bersedia memberikan dukungan finansial untuk meningkatkan produksi OLED.

Dilansir dari The Investor, Jumat (28/7/2017), LG dan Apple menolak mengomentari rencana pendanaan tersebut. Namun menurut sejumlah pengamat industri, Apple kemungkinan sudah memutuskan mengalirkan dana investasi untuk LG lebih dari 2 triliun won atau berkisar US$ 1,8 miliar.

Investasi sebesar 9,6 triliun won dilaporkan lebih besar daripada dana cadangan yang dimiliki LG sebanyak 7 triliun won. Unit bisnis LG itu mendapatkan suntikan dana tambahan dari Apple, sehingga perusahaan bisa meningkatkan produksi OLED. Di sisi lain, investasi ini juga penting bagi Apple karena iPhone dilaporkan akan beralih menggunakan layar OLED.

"Jika dana dari Apple belum dikonfirmasi, manajemen LG Display tidak mungkin akan mengeluarkan dana besar," kata seorang pengamat industri yang identitasnya diminta untuk dirahasiakan.

Dari total 9,6 triliun won, LG Display berencana menyisihkan 5 triliun won untuk produksi OLED mobile di Korsel. Sisanya untuk panel OLED besar TV di Korsel dan Tiongkok.

Sejumlah sumber mengatakan, LG Display akan memiliki lini produksi baru bernama E6 yang kemungkinan untuk iPhone saja. "LG Display telah mengukur keuntungan dari pesanan iPhone dengan margin rendah. Dengan pendanaan Apple, perusahaan akan bisa mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan," tutur seorang sumber.

LG Display selama ini dilaporkan melakukan berbagai usaha untuk menjadi pemasok OLED kedua bagi Apple, tapi rencana tersebut tidak berjalan begitu mulus karena perusahaan masih harus berusaha agar bisa memenuhi kriteria kualitas iPhone yang sangat ketat, termasuk mesin vakum Canon Tokki. Mesin ini adalah peralatan produksi OLED paling canggih, tapi pasokannya sangat terbatas.

"Di tengah kendala beberapa bagian kunci seperti layar dan chip untuk iPhone 8, Apple kini tampak bersedia membayar lebih untuk pasokan bagian-bagian yang stabil," ungkap sumber.

Menurut sumber itu, alasan lain LG Display meningkatkan produksi OLED yaitu untuk memperkuat negosiasi dengan para manufaktur peralatan yang dibutuhkan. Salah satu mitra yang dimaksud adalah Canon Tokki, yang selama ini berhubungan dekat dengan rival utama LG, Samsung. *

(Din/Why) 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Veteran Perang Dunia II Menangis Saat Menonton Film Dunkirk

Posted: 27 Jul 2017 08:28 PM PDT

Bagi industri perfilman, ada sesuatu yang luar biasa ketika membuat sebuah karya sinema peperangan. Kisah tragedi dan kepahlawanan, atmosfir medan perang, intensitas tempur yang tak terduga, hingga kengerian di pertempuran, merupakan sejumlah faktor yang memikat para sineas menggeluti film ber-genre peperangan.

Genre film peperangan yang menangkap momen dan kisah-kisah itu telah ada sejak industri sinema tumbuh menjadi komoditas yang populer.

Namun, menurut pakar sinema, belum banyak film ber-genre perang yang benar-benar menangkap dampak kengerian dan horor pertempuran secara intens, yang mampu menunjukkan segala sisi buruk perang, bukan hanya dari segi fisik, namun juga mental dan psikis.

Akan tetapi, ketika Dunkirk karya Christopher Nolan dirilis, beberapa pakar menyebut, film yang diangkat berdasarkan kisah peperangan nyata pada Perang Dunia II itu, sebagai salah satu contoh motion pictures yang mampu menangkap dampak kengerian dan horor pertempuran secara akurat.

Bahkan, salah satu veteran Perang Dunia II yang menjadi saksi sejarah kisah peperangan yang telah difilmkan oleh Nolan itu, menitikkan air mata kala menonton Dunkirk. Demikian seperti yang dilansir dari The Vintage News, Jumat (27/7/2017).

Ken Sturdy, sang veteran Perang Dunia II yang menitikkan air mata kala menonton film karya Nolan itu, masih berusia 20 tahun kala berdinas di Angkatan Laut Inggris. Saat masih berdinas pada 77 tahun yang lalu, Sturdy merupakan salah satu individu yang terlibat dalam peristiwa nyata tersebut, yang kini telah diadaptasi menjadi salah satu film box office 2017.

Sturdy menitikkan air mata karena Dunkirk mengingatkan kembali memorinya semasa perang dan menyebut film itu benar-benar menggambarkan situasi saat ia masih berdinas. Air mata si veteran juga muncul karena film tersebut kembali mengungkit memori pria yang kini berusia 97 tahun itu pada kompatriotnya yang tewas di pertempuran.

"Sebuah kehormatan bagiku untuk menonton film tersebut. Tak disangka aku dapat melihat itu, seakan aku ada di sana," jelas Sturdy.

Evakuasi Dunkirk 1940 (Wikimedia Commons)

Ia juga kembali terkenang mengenai atmosfir Pantai Dunkirk pada 1940 --latar tempat dan waktu film Dunkirk--, yang sesak dipenuhi oleh para prajurit yang ketakutan, kala melakukan proses evakuasi melarikan diri dari kota kawasan pelabuhan di utara Prancis tersebut. Memori Sturdy itu merupakan salah satu tonggak plot cerita pada sinema karya Christopher Nolan.

"Aku masih berusia 20 tahun saat itu terjadi. Tapi, saat menonton film tersebut, aku kembali mengingat rekan-rekanku yang tewas di perairan itu. Beberapa di antaranya juga ada yang ditahan oleh musuh, ada yang tewas di pantai, ada yang bahkan ditangkap dan dibawa ke kamp konsentrasi," ujar Sturdy.

"Malam ini aku menangis, karena mengingat peristiwa itu, dan mengetahui bahwa manusia akan melakukan tindakan itu (peperangan) kembali. Kita sudah banyak melakukan hal luar biasa, namun manusia tetap saja akan melakukan hal bodoh seperti itu," jelas si veteran.

Film Dunkirk berhasil duduk di puncak box office sepanjang minggu lalu dan sukses meraup keuntungan senilai US$ 50,5 juta di AS dan Kanada. Pengamat juga menilai sinema itu sebagai salah satu yang berpotensi memenangi Oscar.

Sinema itu diangkat berdasarkan peristiwa nyata tentang upaya evakuasi pasukan Sekutu di Pantai Dunkirk pada 1940, yang diberi nama Operation Dynamo. Tahun itu, Serangan Kilat (blitzkrieg) pasukan Nazi Jerman berhasil melululantakkan dataran Eropa. Hasilnya, Polandia, Norwegia, Denmark, Belanda, Luksemburg, dan Belgia berhasil direbut oleh pasukan Adolf Hitler dalam kurun waktu yang cukup cepat.

Prancis jadi salah satu negara yang diambang jatuh ke tangan Nazi Jerman saat salah satu kota di Prancis yang dianggap vital dari segi strategi militer hendak direbut oleh pasukan Wehrmacht (angkatan darat Nazi Jerman). Kota itu adalah Dunkirk.

Saat Wehrmacht hendak tiba di Dunkirk pada 1940, Adolf Hitler memerintahkan secara langsung agar pasukan Nazi Jerman menunda serangan ke kota pelabuhan di pinggir perbatasan Prancis itu. Padahal Panglima Nazi Jerman Herman Goering berujar bahwa pasukan udara Luftwaffe mampu dengan cepat membombardir kota yang menampung 300.000 pasukan Sekutu dan dengan mudah mengambil-alih kekuasaan Dunkirk ke tangan Hitler.

Tak dinyana, hal itu diketahui dan dimanfaatkan dengan baik oleh pasukan Sekutu. Sekitar 300.000 pasukan dan alutsista penting berhasil dievakuasi dari Dunkirk dalam rentang waktu singkat, menandai keuntungan besar bagi Inggris pada tahap Perang Dunia II selanjutnya.

Saksikan juga video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Cristiano Ronaldo Tidak Bertato

Posted: 27 Jul 2017 08:27 PM PDT

Ketika pemain lain berlomba-lomba membuat dan memamerkan tato, Cristiano Ronaldo memilih melewatkan persaingan ini. Tubuhnya tetap bersih dari tinta.

Alasan pemain terbaik dunia empat kali itu pun mulia. Ronaldo tidak tertarik merajah tubuhnya karena mengurangi kesempatannya membantu orang lain.

"Saya cukup sering mendonorkan darah," kata Ronaldo, dikutip Diretta News.

Individu yang sehabis menato setidaknya harus menunggu enam bulan hingga satu tahun sebelum bisa menyumbang darah. Ini adalah pencegahan demi mencegah penyebaran penyakit, di antaranya hepatitis.

Ronaldo merasa hal itu cukup mengganggu. Sebab, dia ingin mendonorkan darah dua kali dalam setahun.

Tidak hanya darah, Ronaldo dilaporkan juga menjadi donor juga sumsum tulang. Sosok berusia 32 tahun tersebut melakukannya setelah melihat rekan setimnya.

"Ketika Carlos (Martins) masih di timnas, dia menceritakan masalah yang menyerang putranya. Kami, seluruh pemain, pun membantu karena tahu situasi tersebut sangat sulit," ungkap pemain Real Madrid itu.

Ronaldo menepis stigma yang menyatakan donor sumsum tulang sangat sulit. "Tidak berbeda jauh dari donor darah dan tidak sakit sama sekali. Jadi donor juga tidak membutuhkan biaya. Ini proses sederhana dan membahagiakan, karena saya tahu sudah membantu orang lain," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Perempuan Aniaya Bayi di Denpasar

Posted: 27 Jul 2017 08:22 PM PDT

Warganet dihebohkan dengan video penganiayaan bayi oleh seorang perempuan di Denpasar, Bali. Belum diketahui apakah penganiaya tersebut ibunya atau asisten rumah tangga.

Video tersebut terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama menggambarkan seorang perempuan memukul bokong si bayi seraya berkata, "This is drama... this is drama?" ujar perempuan yang diduga menganiaya itu berulang-ulang.

Tidak hanya itu. Perempuan itu terus menyiksa bayi malang tersebut meski si bayi menangis. Dia membalikkan dengan keras tubuh si bayi dan menjewer telinganya.

Meski tangisan si bayi cukup keras, perempuan itu tidak berhenti menganiaya bayi itu. Bahkan, tamparan didaratkan bertubi-tubi di mulut si bayi dan mencubit leher bayi tersebut.

Di video berikutnya tergambar adegan di mana perempuan dengan suara yang sama menjinjing bayi tersebut ke kamar mandi. Bayi itu lalu dimasukkan ke ember dalam kondisi menangis keras.

Bayi tersebut lalu diletakkan di lantai dan digulingkan di lantai kamar mandi. Penyiksaan terus berlanjut. Bayi tersebut disiram dengan air dari gayung dan menangis sesegukan.

"This is the drama in your life," kata perempuan itu.

Masih dalam kondisi kuyup, bayi tersebut disirami sabun pencuci piring. Kepala dan tubuh bayi pun diinjak dengan kaki si perempuan itu.

Akun Facebook Ega Vega yang mengunggah video tersebut menuliskan, diduga penyiksa bayi tersebut adalah ibu kandungnya. Diduga si ibu mengalami depresi karena ditinggal oleh suaminya.

Liputan6.com berupaya mengontak langsung empunya akun, namun pesan yang dikirimkan belum dibalas.

Dalam pesan yang ditulis Ega Vega dan ditautkan dengan video tersebut, bayi malang itu saat ini berada di Yayasan Metta Mama & Maggha di Denpasar, Bali.

Seorang perempuan yang mengaku sebagai bidan membenarkan pihaknya tengah mengasuh bayi yang diduga dianiaya seperti yang viral di media sosial. Mereka menyebutnya 'Baby J'.

"Baby J di sini, kondisinya sehat," kata bidan tersebut dari balik telepon.

Namun, dia tidak merinci dan meminta Liputan6.com untuk mewawancarai kepala yayasan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag: Begitu Keran Impor Dibuka, Harga Garam Turun

Posted: 27 Jul 2017 08:20 PM PDT

Kelangkaan garam terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Kelangkaan ini juga menyebabkan lonjakan harga di tingkat pedagang.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, kelangkaan garam ini salah satunya disebabkan oleh kegagalan masa panen para petambak garam lokal. Selain itu, impor juga belum dilakukan.

"Ya, sebab panennya gagal. Berapa jumlah yang diimpor dan yang bisa mengimpor adalah PT Garam, nah kita tidak membedakan lagi kadar, seperti membedakan NaCl. Bagaimana kita periksa semuanya. Tapi itulah adanya. Saya akan segera ubah aturan itu supaya sama dan segera minta PT Garam segera impor," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Jumat (28/7/2017).

Meski demikian, Enggar yakin begitu keran impor garam kembali dibuka, harga garam di pasaran akan berangsur turun. Namun dia belum bisa memastikan berapa jumlah garam yang akan diimpor.

"Begitu kita bilang bahwa segera impor garam konsumsi untuk memenuhi kebutuhan, langsung bergerak turun harganya. (Jumlah impor) Belum tahu," kata dia.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, produksi garam di dalam negeri masih kerap mengalami hambatan. Salah satunya yaitu karena lahan tambak garam yang terbatas.

"Ya kalau garam kita terus, tapi kan lahannya tidak terlalu besar. Kita sedang mengkoordinasikan juga dengan masyarakat. Ini kan tergantung juga dengan apakah panas dan curah hujan. Ini masalahnya.

Meski demikian, lanjut Rini, permasalahan garam ini telah diselesaikan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan membuka keran impor.

"Tadi justru dibicarakan tentang diperbolehkannya impor untuk garam industri. Garam konsumsi pun demikian, Tapi itu kan urusannya di KKP dan Mendag," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Jay Subiyakto Pertama Kali Menggarap Film

Posted: 27 Jul 2017 08:20 PM PDT

Jay Subiyakto tergabung dalam salah satu dari 13 sineas yang memprakarsai kebangkitan film Indonesia dari mati suri pada 1998. Selang 17 tahun kemudian, untuk pertama kalinya Jay menggarap sebuah film.

Jay Subiyakto baru saja merampungkan tugasnya sebagai sutradara untuk film dokumenter berjudul Banda: The Forgotten Trail yang diproduksi oleh Lifelike Pictures.

Reza Rahadian bersama sutradara film Banda, Jay Subiyakto. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Kita diwajibkan membuat film untuk menjemput milenium baru yakni tahun 2000. Kalau saya kenapa enggak bikin karena memang enggak laku ya, enggak ada yang nawarin. Mau bikin sendiri juga enggak bisa," kata Jay Subiyato seraya tertawa, saat ditemui di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2017).

Tiba-tiba pada 2016, pria berusia 56 tahun itu diminta oleh Sheila Thimoty selaku produser, untuk membuat film dokumenter. Meski sempat ragu, akhirnya Jay Subiyakto memberanikan diri.

"Dari situ saya takut. Tapi saya pikir, siapa lagi yang mau nawarin seperti ini? Dan hampir dibilang sangat sedikit film dokumenter bisa tembus bioskop. Mereka mencibir oh film kayak gini enggak perlu ditonton. Itu yang bikin saya semangat dan akhirnya mau melakukannya," ujarnya.

Film Banda: The Forgotten Trail ini berhasil dibuat dengan warna Jay Subiyakto sendiri. "Tapi saya bilang ke Lala jangan lihat referensi film dokumenter yang pernah dibuat. Biarkan saya bikin suatu bentuk baru yang harusnya nanti membuat film dokumenter itu menarik untuk dilihat," imbuh Jay Subiyakto.

Para pendukung film Banda di antaranya aktor Reza Rahadian dan sutradara Jay Subiyakto. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Banda: The Dark Forgotten Trail bercerita tentang kepulauan Banda yang kini terlupakan. Padahal, pada masa lalu pulau ini menjadi kawasan paling diburu karena menghasilkan rempah-rempah yang diburu dunia seperti cengkih dan pala.

Sejak diperkenalkan oleh para pedagang Tiongkok, pala menjadi salah satu komoditas rempah yang ditaksir dengan harga yang sangat mahal. Film ini akan tayang di mulai 3 Agustus 2017 di jaringan bioskop nasional. (fei)

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 28 Juli 2017

Posted: 27 Jul 2017 08:15 PM PDT

Dua partai sengit akan berlangsung hari ini (28/7/2017) dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2017. Persela Lamongan akan menjamu Barito Putera di pekan ke-17 Liga 1 2017.

Selain itu, terdapat laga derbi Kalimantan yang mempertemukan Mitra Kukar kontra Persiba Balikpapan. Partai keras ini bakal digelar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong.

Laga Persela kontra melawan Barito berlangsung pukul 15.00 WIB di Stadion Surajaya, Lamongan. Sementara Mitra Kukar versus Persiba digelar pukul 18.30 WIB dan dua laga di atas disiarkan langsung TV One.

Yang menarik, tiga dari empat klub yang terlibat pertandingan hari ini berasal dari Pulau Kalimantan. Satu klub yakni Persela merupakan klub yang disegani di Jawa Timur.



Hasil-hasil dari laga Liga 1 hari ini akan menumbuhkan persaingan di papan tengah klasemen. Barito, Persela, dan Mitra Kukar merupakan penghuni papan tengah, sedangkan Persiba merupakan juru kunci.

Berikut jadwal siaran langsung Liga 1 28 Juli 2017:

Jadwal Siaran Langsung Liga 1, 28 Juli 2017

28/07/2017    Jumat    15:00    Liga 1    

Persela Lamongan vs Barito Putera    TV One

28/07/2017    Jumat    18:30    Liga 1    

Mitra Kukar vs Persiba Balikpapan    TV One

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Aman Beli Rumah Oper Kredit

Posted: 27 Jul 2017 08:06 PM PDT

Ada banyak cara yang bisa ditempuh demi mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan ditambah harga yang pas di kantong. Selain membeli rumah baru atau bekas secara tunai maupun KPR, Anda juga bisa membeli rumah yang dijual dengan skema oper kredit. Apa artinya?

Oper kredit adalah rumah yang dijual pemiliknya lantaran umumnya ia tengah membutuhkan uang dan tak sanggup meneruskan cicilan. Sehingga biasanya harga rumah tersebut bisa lebih murah dibanding Anda harus membayar cicilan dari awal.

Baca juga: 5 Cara Miliki Rumah Idaman dengan Bujet Terbatas

Meski oper kredit, namun Anda tetap perlu memperhatikan kelengkapan surat-suratnya dan kondisi rumah tersebut. Jangan sampai rumah oper kredit tersebut membutuhkan banyak renovasi dan pengeluaran ekstra. Berikut ini cara aman membeli rumah oper kredit seperti dilansir Rumah.com.

  1. Kondisi fisik

Hal terpenting dalam membeli rumah oper kredit adalah memerhatikan kondisi fisik. Cermati dengan detail bagian luar dan dalam rumah. Periksa kondisi dinding, lantai, saluran air, kayu jendela dan pintu, langit-langit, serta bukaan dan sirkulasi udara.

Perhatikan juga segi lokasi dan posisi rumah. Bisa saja, alasan pemilik mengalihkan cicilan rumahnya adalah karena lokasi yang kurang bagus, rawan banjir, dan prospek yang tidak menguntungkan ke depannya.

  1. Periksa dokumen

Cek terlebih dulu dokumen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) asli, yang biasanya masih tersimpan di bank yang menyediakan fasilitas KPR kepada pemilik rumah tersebut. Teliti juga keabsahan kepemilikan rumah, jika Anda menemukan permasalahan (sengketa) lebih baik tinggalkan saja.

  1. Menghitung nilai transaksi

Bila merasa sudah sreg dengan rumah yang diincar dan melihat legalitas surat-surat, hitunglah nilai transaksi (nilai jual rumah, besaran saldo utang pokok, dan sisa cicilan kredit yang harus dibayar).

Periksa pula riwayat pembayaran cicilan pemilik rumah, apakah masih ada tunggakan cicilan dan denda keterlambatan.

(Lebih sreg beli rumah baru? Temukan pilihan rumah idaman Anda di sini!)

  1. Cek harga pasaran

Hitung dengan seksama berapa sebenarnya nilai transaksi dan nilai jual rumah tersebut, apakah lebih murah atau lebih mahal dari harga yang seharusnya. Anda bisa melakukan pengecekan harga pasaran rumah di sekitar lokasi tersebut dengan memeriksa Nilai Jual Obyek Pajak dalam struk tagihan PBB.

  1. Buat surat pengikatan

Guna menjamin keamanan traksaksi, Anda perlu membuat Akta Pengikatan Jual-Beli atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan dengan pihak penjual, berikut Surat Kuasa untuk melunasi sisa angsuran dan kuasa untuk mengambil sertifikat.

Pastikan juga si penjual rumah membuat surat pemberitahuan kepada bank perihal peralihan hak atas tanah dan bangunan.

Inti surat tersebut ialah meski angsuran dan sertifikat masih atas nama penjual, tetapi karena haknya sudah beralih (kepada Anda sebagai pembeli), maka penjual tidak berhak lagi untuk melunasi dan mengambil sertifikat aslinya di bank.

Baca juga: Tips Menjual Rumah Over Kredit

  1. Libatkan tiga saksi

Berbeda dengan proses jual beli rumah pada umumnya, proses resmi oper kredit harus melibatkan pihak bank pemberi kredit. Jadi, sebaiknya proses oper kredit dilakukan di hadapan pemilik rumah, bank, dan notaris.

Untuk melakukan oper kredit, dokumen yang perlu dipersiapkan penjual dan pembeli antara lain:

  • Fotokopi Perjanjian Kredit
  • Fotokopi Sertifikat dengan stempel bank
  • Fotokopi IMB
  • Fotokopi PBB yang sudah dibayar
  • Fotokopi bukti pembayaran angsuran
  • Asli buku tabungan bernomor rekening untuk pembayaran angsuran
  • Data penjual dan pembeli, seperti KTP, Kartu Keluarga, Buku nikah, NPWP, slip gaji terakhir, surat keterangan kerja, surat keterangan penghasilan, foto kopi mutasi keuangan tiga bulan terakhir dari rekening, dan sebagainya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawal Aksi 287, Polisi Turunkan 10 Ribu Anggota

Posted: 27 Jul 2017 08:04 PM PDT

Presidium Alumni 212 akan berdemonstrasi di sekitar Masjid Istiqlal dan Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 28 Juli 2017. Surat pemberitahuannya pun telah diterima oleh kepolisian.

Unjuk rasa tersebut digelar untuk mengkritisi Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: