Rabu, 19 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


WNI Yosia yang Hilang di Jepang Akhirnya Ditemukan

Posted: 19 Jul 2017 10:21 PM PDT

Warga Negara Indonesia, Yosia Trifosa Siregar yang sempat dikabarkan hilang di Jepang akhirnya ditemukan. Remaja tersebut hilang sejak, 6 Juli lalu.

"Kemarin sudah ditemukan. Yang bersangkutan ditemukan di Osaki, Tokyo," ucap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir dalam press briefing mingguan Kemlu di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Pria yang kerap disapa Tata ini mengatakan Yosia ditemukan pihak keamanan setempat. Seusai ditemukan mereka langsung menghubungi KBRI Tokyo.

"Kepolisian Jepang menghubungi hotline KBRI, yang bersangkutan ditemukan dalam keadaan baik," kata Tata.

"Sesuai SOP di Jepang, yang bersangkutan belum bisa dikembalikan ke KBRI. Sia masih mendapat penanganan lebih lanjut dari kepolisian," ucap dia.

Kabar hilangnya Yosia pertama kali disampaikan pemilik akun Instagram @dorashinta. Wanita tersebut mengaku sebagai kakak Yosia.

Dalam posting-annya di Instagram, @dorashinta turut serta memuat gambar sang adik. Tak ketinggalan, ia menuliskan keterangan missing person.

"Adik kandungku @ochitrifosa lost contact dengan kita sekeluarga dan semua temannya sejak 6 Juli 2017," demikian keterangan pemilik akun @dorashinta.

Ia menjelaskan, Yosia seharusnya kembali ke Jakarta pada 6 Juli 2017 pukul 23.00 waktu setempat. Namun, sang adik tiba-tiba hilang kontak dan tak kunjung menampakkan diri di bandar udara.

"Dia enggak check in ke pesawat Air Asia-nya. Padahal dia sudah janjian akan cari kos-kosan sesampainya di Indonesia dengan temannya @andinouss," ia menambahkan.

"Kita baru sadar sekarang karena papa yang biasanya video call sama dia tiap minggu minimal 1x, tapi sejak papa birthday atau aku birthday dia even gak ngucapin lewat Line," paparnya.

Sang kakak semakin yakin adiknya hilang setelah mereka memeriksa ke sekolah, maskapai Air Asia, kos tempatnya tinggal di Jepang, dan teman-temannya.

"Kita minta bantu doa dan minta tolong kesediaan teman2 untuk broadcast posting ini dan direct message picture ini ke teman atau sahabat kalian yang tinggal dan warga negara Jepang," jelasnya.

Simak video berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Gol Tendangan Voli Terbaik Liga Inggris

Posted: 19 Jul 2017 10:20 PM PDT

Pemain termahal dunia Paul Pogba berhasil menampilkan daya magisnya di Liga Inggris, dan pantas diberikan panggilan "Pogboom", setelah berhasil mencetak gol lewat sebuah tembakan voli fantastis yang tak diduga ke gawang Swansea musim lalu.

Dari luar kotak penalti, pemain asal Prancis itu mengirim tembakan ke pojok kanan gawang The Swans.

Roberto Firmino, Wilfried Zaha, dan Jay Rodriguez juga berhasil melengkapi daftar gol-gol voli terbaik Liga Inggris musim lalu, tetapi gol Pogba memang wajib untuk disimak.

Simak videonya di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Perdagangan Sempat Error, Ini Penjelasan BEI

Posted: 19 Jul 2017 10:20 PM PDT

Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan terdapat gangguan teknis pada sistem JATS di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis pukul 10.59 waktu JATS.

Mengutip keterangan tertulis, Kamis (20/7/2017), BEI telah melakukan upaya perbaikan. Pada pukul 11.04 waktu JATS, perdagangan kembali berjalan normal seperti biasa tanpa ada perubahan jadwal perdagangan. Ini sebagai upaya memulihkan layanan kepada anggota bursa dan partisipan.

Apabila diperlukan, pemberitahuan selanjutnya akan disampaikan melalui website BEI, www.idx.co.id. Sebelumnya pada pukul 11.00 JATS, IHSG berhenti di level 5.823. IHSG diperkirakan tidak bergerak. Pada penutupan sesi pertama, IHSG ditutup naik tipis 9,29 poin atau 0,16 persen ke level 5.815,98.

Ada sebanyak 174 saham menguat sehingga dorong IHSG ke zona hijau. Sedangkan 111 saham melemah dan 120 saham diam di tempat. IHSG sempat berada di level tertinggi 5.824,82 dan terendah 5.808,11. Total frekuensi 120.281 kali dengan volume perdagangan 3,9 miliar saham. Nilai transaksi Rp 3 triliun.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Dilakukan Putri Titian dan Junior Liem Saat Anak Tidur

Posted: 19 Jul 2017 10:20 PM PDT

Setelah melahirkan anak pertamanya, Theodore Iori Liem pada 25 Maret 2017, Putri Titian menghilang dari layar kaca. Kini, waktunya lebih banyak mengerahkan waktu dan tenaganya untuk mengurus sang buah hati.

Jangankan untuk kembali ke layar kaca. Sejak punya anak, Putri Titian juga kehilangan waktu bersama suami tercinta, Junior Liem.

 Putri Titian dan anaknya, Theodore Iori Liem

Apalagi bayi pada umumnya memiliki jam tidur yang tidak tentu. Alhasil, kondisi ini berpengaruh pada pola tidur para ibu yang sering kali begadang di malam hari. Termasuk wanita yang akrab disapa Tian itu.

Beruntung Putri Titian dan Junior Liem mampu melewati masa-masa itu dengan baik. Sekarang buah hati mereka, Iori, sudah berusia empat bulan dan jam tidurnya semakin membaik.

Bintang sinetron Jungkir Balik Dunia Sissy itu pun akhirnya punya cukup banyak waktu untuk berduaan bersama sang suami. Ketika Iori tidur, Tian dan Junior Liem bisa melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Salah satunya yakni curhat. "Hihihihi asiiik @theodoreioriliem udah mulai bisa bobo lamaan dikit,jadi bisa buka sesi curhat lagi deh ama yuyun mailop (huek)," ungkap Putri Titian di Instagram pribadinya, Selasa (18/7/2017).

 Putri Titian dan Junior Liem

Putri Titian kini benar-benar tengah menikmati perannya sebagai seorang ibu. Ia bahkan tak peduli dengan bentuk tubuhnya yang kini lebih besar dari sebelumnya.

"Ps: yang comment "gendut", IYAAK EMANG AKU GENDUT,TAPI AKU BAHAGIA UNCH UNCH BWEEK!," ujar Tian di Instagramnya beberapa waktu lalu.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Pembubaran HTI Tepat, Tidak Terima Silakan ke Pengadilan

Posted: 19 Jul 2017 10:19 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat angkat bicara terkait pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menurut dia, HTI yang anti-Pancasila sudah tepat dibubarkan.

"Pembubaran itu sudah tepat, ya. Kalau saya sudah tepat," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Mantan Wali Kota Blitar itu menilai, pembubaran HTI tak berarti pemerintah otoriter. Sebab, ormas ini bertujuan mendirikan negara Islam.

"Misalnya HTI tidak terima, (ajukan) di pengadilan, kasus hukum. Bukan pemerintah ‎otoriter. Karena bikin Khilafah Islamiah. Pancasila kan enggak kayak begitu," ucap dia.

Selain itu, kata Djarot, pembubaran HTI hanyalah tindakan awal pemerintah memberantas ormas anti-Pancasila. Dia menduga, Ormas anti-Pancasila, tidak hanya HTI, masih ada ormas lainnya, namun yang tahu pasti tentu Kemenkum dan Kemendagri.

"Jadi ini (pembubaran) kan awal. Kalau HTI kan sudah lama diduga kayak begitu. Saya sudah dengar waktu jadi Wali Kota," Djarot menandaskan.

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mencabut izin badan hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Tujuan pembubaran ini karena ormas tersebut anti-Pancasila dan mengancam keutuhan NKRI.

Sementara, Juru bicara HTI M Ismail Yusanto mengatakan, pencabutan status badan hukum organisasinya merupakan bukti kesewenang-wenangan pemerintah.

Menurut dia, berdasarkan Perppu No 2 Tahun 2017, pencabutan status hukum adalah sanksi administratif atas pelanggaran yang dilakukan sebuah ormas, setelah sebelumnya menerima surat peringatan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlalu Gemas, Temukan Minion di Sepatu Puma Keren Ini

Posted: 19 Jul 2017 10:18 PM PDT

Puma sebagai salah satu label olahraga global berkolaborasi dengan Illumination dan Universal Brand Development untuk meluncurkan sebuah koleksi yang telah lama ditunggu-tunggu, yaitu PumaXMinions. Hal yang lebih menyenangkan lagi adalah koleksi ini telah ada di Indonesia.

Sejak hadir di tahun 2010, Despicable Me telah menginspirasi banyak orang, mulai dari seniman, desainer, bahkan tastemaker global. Melalui koleksi kolaborasi kali ini, Anda bisa melihat desain yang mewah, namun tetap lucu dan modis, sesuai dengan siluet klasiknya.

Anda juga akan banyak melihat pola dan warna baru dari para minion, seperti kacamata besar mereka yang khas dan pisang. Untuk anak-anak, para minion juga menambahkan motif pisang pada bagian strap dalam koleksi Puma basket.

Koleksi Puma basket ini tersedia versi bertali dengan ilustrasi minion berwarna hitam putih di bagian atas, ditambah formstripe biru, dan tali kuning yang khas. Tidak hanya sepatu, Anda juga bisa menemukan para minion di koleksi pakaian.

Seperti track jackets, sweat pants, hoodies, dan kaus, semuanya menonjolkan cetakan nama para minion dalam jenis huruf Helvetica dan logo kolaborasi PumaXMinions. Bagi Anda yang berjiwa muda, koleksi kolaborasi ini juga hadir dalam gaya streetwear, seperti sepatu sneaker suede klasik dalam warna monotone hitam dengan pola grafis dan sol minion.

Ada juga disc blaze yang dihiasi oleh kombinasi warna putih dan cetakan minion. Melengkapi koleksi PumaXMinions ini, tas, scarf, sarung tangan, dan backpack juga bisa Anda dapatkan sekarang juga di beberapa gerai resmi Puma, seperti Our Daily Dose Senayan City, PIK, Wilio Grand Indonesia, dan Tunjungan Plaza 5 Surabaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Kasus E-KTP Beberkan Catatan Uang untuk Setya Novanto Cs

Posted: 19 Jul 2017 10:16 PM PDT

Sidang vonis kasus e-KTP dengan terdakwa dua mantan pejabat Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto kembali menguak sejumlah fakta. Salah satunya terkait catatan uang bancakan yang diduga merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Hakim Franky Tambuwun menyebut, pada 2012 terjadi pertemuan antara kedua terdakwa. Pada pertemuan yang bertempat di ruang kerja Irman selaku Dirjen Dukcapil Kemendagri itu, Sugiharto memperlihatkan sebuah catatan.

"Sugiharto memperlihatkan kepada Irman sebuah catatan, menurut Sugiharto catatan tersebut berasal dari Andi Narogong," ujar Hakim Franky dalam sidang kasus e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (20/7/2017).

Menurut dia, catatan tersebut berisi rencana pembagian uang dari Andi Agustinus alias Andi Narogong kepada beberapa pihak. Mereka adalah Setya Novanto, Anas Urbaningrum, Marzuki Alie, Chairuman Harahap, dan anggota Komisi II DPR.

Pada perkara ini, Irman dituntut 7 tahun penjara denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, sedangkan Sugiharto 5 tahun penjara denda Rp 400 juta subsider 6 bulan kurungan.

Selain tuntutan penjara, jaksa KPK menuntut keduanya untuk mengganti sejumlah uang atas apa yang telah mereka lakukan. Jaksa KPK meminta Irman mengganti uang sejumlah USD 273.700, Rp 2 miliar dan SGD 6 ribu. Sedangkan Sugiharto diminta pengganti sebesar Rp 500 juta.

Kedua terdakwa kasus e-KTP itu tengah menunggu vonis dari Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Citilink Buka Rute Baru Jakarta-Ambon

Posted: 19 Jul 2017 10:15 PM PDT

Setelah Kendari, Gorontalo, dan kini kota Ambon menjadi pilihan Citilink Indonesia untuk memperluas dan memperkuat jaringan penerbangannya di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Upaya ini dilakukan juga dalam rangka membantu percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di wilayah tersebut.

"Ambon dan Maluku Utara umumnya sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu pusat perdagangan internasioal dengan ditemukannya rempah-rempah dan kekayaan laut yang mengelilinginya. Jadi pantas kalau Citilink Indonesia membuka penerbangan ke kota yang terkenal ini," kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Ditambahkan Juliandra, pertumbuhan ekonomi di wilayah ini menurut data BPS mencapai 5,7 persen atau di atas rata-rata angka nasional sebesar 5,02 persen.

Pembukaan rute ke Ambon, kata Juliandra, merupakan bagian dari strategi bisnis Citilink untuk memperkuat konektivitas Nusantara sehingga kekuatan Citilink tidak saja menyebar di wilayah barat tetapi juga di di kota-kota Timur Indonesia.

"Dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh Maluku Utara khususnya Ambon saat ini, kami optimis bisa mencapai target market share sebesar 20 persen dari kondisi pasar saat ini. Tidak tertutup kemungkinan market share ini akan terus meningkat di waktu mendatang," tambah Juliandra.

Penerbangan Citilink Indonesia dengan rute Jakarta – Ambon via Makassar, diharapkan dapat turut serta berkontribusi dalam pengembangan industri pariwisata Maluku dan meningkatkan jumlah wisatawan, sekaligus mendukung target pemerintah pusat dalam menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019.

Penerbangan QG 212 rute baru Jakarta – Ambon (via Makassar) tersebut merupakan penerbangan harian regular yang akan dibuka mulai tanggal 16 Agustus 2017 mendatang.

Tiket penerbangan Jakarta – Ambon (via Makassar) mulai dijual pada Rabu, 19 Juli 2017 (sebulan sebelumnya) di seluruh saluran pembelian Citilink Indonesia, termasuk pembelian melalui mobile apps dan di situs web www.citilink.co.id

Adapun harga tiket yang dijual mulai dari Rp 1.069.200 per seat untuk rute Jakarta – Ambon (via Makassar), sedangkan untuk penerbangan Makassar – Ambon saja harga tiket dijual mulai dari Rp 557.300 per seat.

Penerbangan dari Jakarta ke Ambon akan berangkat dari Jakarta pada pukul 08.35 WIB dan tiba di Ambon pada pukul 16.35 WIT, setelah sebelumnya transit selama 75 menit di Makassar.

Sementara itu, penerbangan dari Ambon menuju ke Jakarta via Makassar akan berangkat pukul 18.10 WIT dan akan tiba di Jakarta pukul 21.20 WIB.

Sepanjang tahun 2017 Citilink Indonesia secara konsisten terus membuka rute-rute baru domestik maupun regional. Empat rute baru di kawasan timur Indonesia yaitu, Jayapura, Kendari, Gorontalo dan kini Ambon, serta satu rute regional ke Dili, Timor Leste. (Yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Madura United dan PSM Ketat di Singgasana

Posted: 19 Jul 2017 10:10 PM PDT

Pekan 15 Liga 1 sudah merampungkan semua pertandingan. Terjadi persaingan sengit di puncak klasemen. Madura United dan PSM Makkasar berebut singgasana.

Madura United bertengger di puncak klasemen Liga 1 setelah menang tipis 1-0 atas Persiba Balikpapan. Madura mengoleksi 28 poin dari 15 pertandingan.

Greg Nwokolo dan kawan-kawan cuma unggul selisih gol atas PSM Makassar di posisi kedua. PSM sendiri gagal meraih poin penuh di laga terakhir setelah bermain imbang 1-1 lawan Barito Putera.

Posisi tiga klasemen Liga 1 ditempati oleh Persipura Jayapura. Mutiara Hitam memetik hasil bagus di pekan 15 ini dengan mengalahkan tuan rumah Arema FC dengan skor 2-0.

Sementara itu, tim raksasa Persib Bandung terpuruk di posisi 13 dengan 20 angka. Di pekan 15 ini, Persib menelan kekalahan 1-2 ketika dijamu Mitra Kukar.

Pada laga terakhir, Rabu (19/7), Bali United juga membawa pulang satu poin setelah bertandang ke markas Sriwijaya FC. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu menahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2.

Dengan hasil ini, Bali United naik ke peringkat lima klasemen sementara dengan 26 poin dari 15 laga. Sementara Sriwijaya FC di peringkat 15 dengan poin 18 dari 14 pertadingan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

 

Klasemen Liga 1 pekan ke-16. (Soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yueyue Tewas Usai Dipaksa Aborsi 4 Kali dalam Setahun

Posted: 19 Jul 2017 10:05 PM PDT

Seorang perempuan tewas usai dipaksa melakukan aborsi empat kali dalam setahun. Hal tragis itu terjadi karena suami korban ingin memiliki anak laki-laki.

Dikutip dari laman Asia One, Kamis (20/7/2017), wanita bernama Yueyue asal Shengang, China meninggal dunia setelah melakukan upaya aborsi yang keempat. 

Sebelumnya, Yueyue kerap melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan untuk mengetahui jenis kelamin janin yang ia kandung, atas permintaan suaminya.

Begitu pemeriksaan dilakukan dan menunjukkan janin yang dikandung Yueyue adalah perempuan, sang suami selalu mengamuk dan memaksanya untuk menggugurkan kandungannya.

Setelah menjalani aborsi sebanyak empat kali dalam kurun satu tahun, kondisi kesehatan wanita itu terus memburuk. Ia bahkan tak bisa berbuat apa-apa. Kesehariannya hanya diisi dengan berbaring di ranjang.

Bukannya bersimpati dan merawat sang istri, pria tersebut malah mengajukan surat cerai kepada Yueyue. Ia menilai istrinya tak bisa berbuat apa-apa.

Suasana warga yang berkumpul saat melihat keluarga Yueyue menuntut mantan suami anaknya (Video screengrab)

Karena tak punya pilihan, Yueyue yang masih dalam kondisi sakit hanya bisa pasrah dan segera menandatangani pengajuan perceraian.

Setelah resmi bercerai, kondisi Yueyue semakin kritis dan segera dilarikan ke rumah sakit. Namun sayang, dokter tak berhasil menyelamatkan nyawa wanita malang tersebut.

Tak lama setelah meninggal, keluarga Yueyue -- termasuk sang ibu yang duduk di kursi roda, membawa abu jenazah anaknya ke rumah mantan suami putrinya. Mereka menuntut penjelasan.

Namun, pria tersebut tak dapat ditemui. Belakangan dilaporkan, pria itu masih tinggal di wilayah tersebut.

Ternyata mantan suami Yueyue bersembunyi di salah satu rumah tetangganya.

Sontak insiden tersebut menarik perhatian warga, karena tuntutan keluarga korban yang merasa dirugikan. Setelah berhasil ditemukan, pihak polisi ikut campur tangan.

Dilaporkan, mantan suami Yueyue telah membeli mobil baru pasca-perceraian. Diduga ia memiliki kekasih baru yang akan ia nikahi.

Peristiwa ini juga menarik perhatian pengguna sosial media. Mereka bersimpati atas meninggalnya Yueyue dan mengutuk tindak tak manusiawi yang dilakukan oleh mantan suaminya.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kata Pengamat soal Video Buaya Tepikan Jenazah ke Warga

Posted: 19 Jul 2017 10:04 PM PDT

Seekor buaya berukuran besar terekam kamera sedang menepikan jenazah seorang pria di sebuah sungai di Kalimantan. Rekaman amatir dari warga kemudian diunggah di media sosial Facebook dan membuat heboh warganet.

Dalam video itu, buaya tampak menggigit kaki jenazah pria yang dikabarkan hilang sehari. Warga meneriaki buaya itu agar melepaskan jenazah pria yang dikabarkan bernama Syaifudin.

Buaya itu membawa jenazah Syaifudin ke dalam air. Warga semakin heboh saat buaya akhirnya muncul lagi di permukaan, tapi berada di tepian yang lain. Tak lama buaya itu membawa ke tepian yang dikerumuni warga.

"Serahkan jenazah itu, kami tidak akan mengganggu Anda (buaya)," teriak salah seorang warga dalam video.

Benar saja, buaya berukuran besar itu membawa jenazah ke tepian dan meninggalkannya begitu saja. Setelah dipastikan menghilang, warga kemudian mengambil jenazah Syaifudin.

Tak sedikit pun ditemukan luka pada tubuh jenazah Syaifudin, jenazah itu masih utuh, hanya pakaian saja yang hilang. Konon, buaya itu mau menepikan jenazah Syaifudin lantaran bantuan pawang buaya.

Lalu apa kata pengamat, terkait perilaku buaya yang menyerahkan hasil buruannya? Peneliti Biologi dari LIPI, Amir Hamidy mengutarakan pendapatnya.

Amir mengatakan, ada perilaku alami dari buaya yang harus dimengerti oleh manusia. Buaya hanya akan memangsa korbannya ketika telah membusuk.

"Perilaku buaya biasanya akan menenggelamkan dulu mangsanya (mangsa berukuran besar) agar mangsanya mati. Kemudian dibiarkan setengah membusuk baru dimakan," jelasnya kepada Liputan6.com.

Amir menambahkan, buaya tidak akan bisa memakan mangsa yang lebih besar di dalam air. Oleh karena itu, buaya biasanya akan membawa ke permukaan air. Sehingga Amir menampik pendapat bahwa buaya itu sengaja menepikan mangsa untuk diserahkan kepada warga berkat bantuan pawang. Hal itu bisa jadi sebuah kebetulan karena buaya hendak memakan mangsa di atas air.

"Buaya biar bagaimanapun adalah satwa liar. Buaya bukan hewan domestikasi. Jadi hal menepikan jenazah ke arah warga bisa jadi hal kebetulan," jelasnya.

Video rekaman yang diunggah di Facebook itu sempat memicu perdebatan. Liputan6.com tidak menautkan video itu karena terlalu ekstrem. Namun kami menautkan video yang sudah kami sensor. Berikut videonya.

 (War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensesneg: Heru Budi Jabat Kasetpres Bukan karena Dekat Jokowi

Posted: 19 Jul 2017 10:04 PM PDT

Isu miring berembus di balik terpilihnya Heru Budi Hartono sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres). Faktor kedekatan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut memperlancar jalan Heru mendapat jabatan baru ini.

Namun, hal ini dibantah Menteri Sekretariat Negara Pratikno. Dia menegaskan, Heru dipilih karena mendapat nilai tertinggi dalam tes yang dilaluinya.

"Karena memang yang bersangkutan memang ranking yang pertama. Jadi wajar," kata Pratikno usai melantik Heru di Aula Gedung III Kemensesneg, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Pratikno menjelaskan pemilihan pejabat eselon I sudah melalui seleksi dan tes dari tim Panitia Seleksi. Sistem open bidding membuat setiap PNS bisa mendaftarkan diri mereka untuk mengikuti seleksi yang dilaksanakan.

Tim Pansel diketuai oleh Wamen PAN-RB Eko Prasodjo. Tim akan menyeleksi semua PNS yang mendaftarkan diri. Setelah melewati serangkaian tes, pansel memutuskan 3 nama teratas. Ketiga nama ini dibawa ke Tim Penilai Akhir (TPA) untuk dibahas. Pada rapat inilah diputuskan nama yang terpilih.

"Pak Heru memang menjadi kandidat dengan nilai tertinggi. Saya cek ke panitia ini bener enggak, oh iya benar. Ya karena pengalamannya sudah luas," imbuh Praktikno.

Dia mengatakan, jabatan Kasetpres tidak hanya mengerjakan tugas yang berkaitan dengan keprotokoleran. Kasetpres juga bertanggung jawab atas akuntabilitas, manajemen, penganggaran, perencanaan, pengawasan. Untuk itu, Heru dinilai tepat menempati posisi itu.

"Memang kita mencari orang dengan pengalaman yang komprehensif," pungkas dia.

Heru dikenal cukup dekat dengan Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Heru saat itu dipercaya menjadi Kepala Biro KDH-KLN. Setahun kemudian, Heru diangkat menjadi Wali Kota Jakarta Utara.

Karier Heru terus menanjak hingga menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) pada 2015 yang kini berubah nama menjadi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).

Heru Budi Hartono nyaris kehilangan karier birokratnya ketika bersedia menjadi bakal calon wakil gubernur mendamping Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melalui jalur independen. Hanya saja, hal itu tidak terjadi karena Ahok memilih jalur partai bersama Djarot.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Anggap BAP Miryam Haryani Tidak Sah

Posted: 19 Jul 2017 10:04 PM PDT

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat John Halasan Butar Butar menganggap berita acara pemeriksaan (BAP) politikus Partai Hanura Miryam S Haryani saat penyidikan tidak berlaku.

Hakim John tak akan menjadikan BAP mantan Bendahara Umum Partai Hanura tersebut, sebagai acuan dalam memvonis dua terdakwa korupsi e-KTP, Irman dan Sugiharto.

"BAP dalam pemeriksaan dan penyidikan hanya dijadikan pedoman dalam pemeriksaan suatu perkara," ujar Hakim John di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (20/7/2017).

Menurut John, keterangan Miryam yang sah adalah saat dirinya dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan. Pernyataan Miryam dalam sidang yang akan dijadikan pertimbangan dalam vonis terhadap dua terdakwa.

"Keterangan saksi yang sah adalah keterangan di persidangan. Menimbang hal itu, keterangan Miryam yang digunakan sebagai alat bukti adalah keterangan yang digunakan di persidangan," kata Jhon.

Dalam perkara ini, KPK telah mendakwa dua eks pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto, kini keduanya siap menghadapi vonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Tersangka ketiga yang ditetapkan oleh KPK adalah Andi Narogong, sedangkan Setya Novanto tersangka keempat.

Tersangka kelima yakni politikus Partai Golkar Markus Nari. Selain sebagai tersangka korupsi e-KTP, Markus juga dijerat pasal menghalangi dan merintangi proses penyidikan dan persidangan e-KTP.

Markus diduga memengaruhi politikus Hanura Miryam S Haryani agar tak mengakui Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dalam sidang. Alhasil, Miryam pun ditetapkan sebagai tersangka pemberi keterangan palsu dalam persidangan.

Saksikan video di bawah ini:



This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Takalar Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Penjualan Lahan

Posted: 19 Jul 2017 10:02 PM PDT

Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan menetapkan Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penjualan aset lahan pencadangan transmigrasi di Desa Laikang dan Punaga, Kabupaten Takalar, Sulsel.

"Berdasarkan hasil pengembangan perkara yang ditangani Pidsus Kejati Sulsel yang kasusnya ini sudah masuk dalam persidangan, maka BB ditetapkan sebagai tersangka," kata Asisten Pidana Khusus Kejati Sulsel Tugas Utoto di Makassar, Kamis (20/7/2017), dilansir Antara.

Ia mengatakan penetapan tersangka dilakukan setelah BB terbukti menggunakan kewenangannya dengan mengeluarkan izin prinsip kepada PT Karya Insan Cirebon untuk zona industri berat tertanggal 15 Oktober 2015 di lokasi Desa Laikang dan Desa Punaga.

"Tersangka ini diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan sehingga menyebabkan adanya kerugian negara dalam kasus ini," katanya.

Selain Bupati Burhanuddin yang ditetapkan menjadi tersangka perkara tersebut, penyidik juga sudah menetapkan tiga tersangka lainnya, yakni Camat Mangarabombang berinisial NU, Kepala Desa Laikang SL dan Sekretaris Desa AS karena diduga menjual aset negara.

Lahan milik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KPDT) seluas kurang lebih 3.000 hektare untuk pencadangan lahan transmigrasi serta 2.000 hektare lebih telah disahkan pemerintah provinsi sejak 1999. Lahan yang sudah dijual kepada PT Karya Insan Cirebon seluas 150 hektare senilai Rp 16 miliar.

Modusnya, camat dan kepala desa beserta sekretarisnya membuat Sporadik dan Hak Guna Bangunan (HGB) kepada masyarakat sehingga juga diduga melibatkan masyarakat dengan modus pemberian lahan garapan agar dibeli oleh perusahaan yang bersangkutan.

Sebelumnya, Kepala Kejati Sulsel, Hidayatullah, menyatakan akan melakukan gelar perkara di Kejaksaan Agung terkait penetapan Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin sebagai tersangka kasus dugaan penjualan aset negara itu.

"Kasusnya ini sudah kita tingkatkan ke tahap penyidikan. Terkait soal status Bupati Takalar, kita telah menetapkan sebagai tersangka," katanya.

Dia mengatakan, peningkatan status Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin dari saksi menjadi tersangka karena adanya dua alat bukti yang menjadi dasar ketentuan dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Namun, kepastian apakah dua alat bukti yang menjerat bupati itu sudah sesuai atau tidak, dirinya masih akan menggelar kasusnya di Kejaksaan Agung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak yang Belum Tahu, BI Harus Gencar Sosialisasi Redenominasi

Posted: 19 Jul 2017 10:00 PM PDT

Bank Indonesia (BI) semakin mantap untuk menjalankan redenominasi atau penyederhanaan nominal rupiah. Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati pun memberi sinyal positif untuk mengajukan Rancangan Undang-undang (RUU) Redenominasi Rupiah kepada DPR agar masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2017.

Ketua Komisi XI DPR, Melchias Markus Mekeng meminta kepada BI dan pemerintah untuk gencar sosialisasi redenominasi rupiah ke seluruh lapisan masyarakat, terutama menjangkau masyarakat kelas bawah.

"Sebelum implementasi, sosialisasi yang agresif dulu ke masyarakat, ada‎kan seminar, diskusi publik, supaya mereka tahu oh redenominasi begini. Karena pemahaman masyarakat bawah dan yang pintar-pintar beda," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Menurut Mekeng, banyak masyarakat bawah ‎yang masih mengira redenominasi seperti sanering yang pernah dijalankan pemerintah pada 1959. Sanering merupakan pemotongan nilai uang rupiah, sedangkan redenominasi hanya menghapus nominal atau angka nol pada rupiah. Dengan demikian, sanering jelas berbeda dengan redenominasi.

"Yang pintar-pintar ngomongnya soal makro, tapi masyarakat bawah ini mereka melihatnya duit saya dipotong nih. Kalau dipotong mending beli dolar. Kalau pada beli dolar, 1 orang beli 100 dolar saja, dolar bisa naik tuh, ekonomi kita bisa ambruk," jelasnya.

‎Mekeng tidak setuju apabila redenominasi rupiah langsung dijalankan tanpa sosialisasi yang matang dari pemerintah dan BI. Ia menilai, pemerintah dan BI jangan hanya melihat ini waktu yang tepat untuk implementasi redenominasi rupiah mengingat kondisi perekonomian stabil, inflasi terkendali, dan lainnya.

"Jangan langsung ujuk-ujuk. Saya setuju dibahas RUU ini tapi harus sosialisasi dulu, jangan cuma mikir inflasi lagi rendah. Karena masyarakat sampai sekarang masih ingat duit mereka dipotong nilainya dari Rp 100 ribu jadi 100 perak. Itu membekas sekali. Mereka kan tidak mikir ekonomi makronya,‎" Mekeng menambahkan.

Ia berharap, ‎pemerintah dan BI dapat melakukan sosialisasi redenominasi dari sekarang apabila sudah siap dan akan segera mengajukan perubahan Prolegnas 2017 ke Badan Legislasi (Baleg) DPR dengan menyodorkan RUU Redenominasi Rupiah.

"Jadi jangan cuma lihat teori saja karena redenominasi rupiah isu sentral. Kalau liat timing bagus, tapi yang bahaya psikologis masyarakat. Sosialisasi dulu digempur walaupun pemerintah belum mengajukan perubahan Prolegnas tapi kan arahnya kan ke sana," tandas Mekeng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu 14 Koleksi Premium Sneaker Edisi Terbatas dalam Dope Box

Posted: 19 Jul 2017 10:00 PM PDT

Berbagai koleksi premium sepatu sneaker untuk pria dan wanita, kini muncul dalam pameran Dope & Dapper di Skybridge Grand Indonesia Shopping Town. 14 koleksi khusus yang telah dikurasi secara seksama, hadir selama beberapa minggu mulai dari tanggal 17 Juli hingga 6 Agustus 2017.

Pameran yang bertajuk Dope & Dapper Exhibition of Premium Sneakers ini digelar oleh Navya Retail Indonesia bersama Toyota Astra Motor. Pameran ini menampikan sneaker edisi terbatas, mulai dari adidas x Wings + Horn Gazelle OG, hingga adidas x Livestock Samba. Berbagai sneakers ini dimasukkan dalam kotak kaca Dope Box dengan desain heksagonal spesial.

"Melalui pameran ini kami ingin memperkenalkan Dope & Dapper Premium Sneakers Retailer kepada pencinta sneakers ibukota. Kami ingin mengisi ceruk pasar premium sneakers yang ada saat ini dengan serangkaian produk gaya hidup urban yang dinamis," ungkap Benjamin Hendradjasa, CEO Navya Retail Indonesia.

Tidak hanya dapat dilihat secara langsung, para penggemar sneakers juga dapat memiliki koleksi ini dengan penawaran khusus dari Dope & Dapper. Tentunya berbagai produk premium ini menyita perhatian, dan memiliki jumlah terbatas. Apakah Anda siap berburu koleksi sneaker ini?

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wenger Dukung Jebolan Arsenal Kudeta Buffon

Posted: 19 Jul 2017 10:00 PM PDT

Arsene Wenger mendukung langkah Wojciech Szczesny yang hengkang dari Arsenal musim panas ini. Wenger percaya kiper asal Polandia itu mampu merebut peran Gianluigi Buffon.

Szczesny sebenarnya sudah dua musim terakhir meninggalkan Arsenal. Kiper asal Polandia itu dipinjamkan ke AS Roma.

Namun, musim panas ini dia justru direkrut oleh Juventus. Si Nyonya Tua membelinya dengan harga 10 juta poundsterling.

"Szczesny seorang Arsenal sejati. Sayangnya kami sudah punya banyak kiper kelas dunia. Itu sebabnya ia lebih baik tinggal di Italia," ujar Wenger seperti dilansir laman resmi klub.

"Kontraknya hanya tersisa setahun dan saya pikir kepindahan ini bagus untuknya. Dia akan menjadi kiper utama Juventus menggantikan Buffon," ujarnya menambahkan.

Szczesny bergabung Arsenal sejak tahun 2006. Ia mampu menyumbangkan tiga gelar di sana. *

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keinginan Terakhir Julia Perez Hampir Terwujud, tapi...

Posted: 19 Jul 2017 10:00 PM PDT

Ustaz Zacky Mirza turut menghadiri acara tahlil 40 hari meninggalnya Julia Perez. Tak cuma itu, Ustaz Zacky Mirza juga turut menyumbangkan 100 buku yasin yang diperuntukkan kepada Jupe.

"Alhamdulillah, saya dengan para guru dan kiai memberikan hadiah untuk almarhumah dan keluarga berupa yasin sebanyak 100 eksemplar. Kami doakan semoga perjalanan almarhumah dimudahkan Allah," kata Zacky Mirza di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (19/7/2017).‎

Mantan suami Shinta Tanjung itu mengungkap satu keinginan besar Julia Perez. Ketika masih sehat, Jupe sempat berbincang dengan Zacky Mirza mengenai rencana memiliki anak asuh.

"Sebelum dia meninggal, waktu kami jenguk ketika almarhum masih baik dan bisa ngobrol. Dia pesannya pengin punya anak asuh dari anak yatim," ucapnya.



Keinginan itu pun direspons positif Zacky Mirza. Namun saat hendak mengenalkan dua anak asuh tersebut, Julia Perez lebih dulu mengembuskan napas terakhir.

"Sebenarnya sudah ada waktu itu yang sudah siap dan bisa diasuh Jupe. Tapi ternyata Tuhan berkata lain (meninggal dunia)," ujar Ustaz Zacky Mirza. (Ras)‎

 

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Hebat di California, Pesawat Pemadam Dikerahkan

Posted: 19 Jul 2017 10:00 PM PDT

Pemadam kebakaran menggunakan pesawat membuang fire retardant untuk mengatasi kebakaran di Mariposa, California (19/7). Kebakaran ini telah melahap lebih dari 45.000 hektar lahan. (AFP Photo/Josh Edelson)

Pemadam kebakaran menggunakan pesawat membuang fire retardant untuk mengatasi kebakaran di Mariposa, California (19/7). Kebakaran ini telah melahap lebih dari 45.000 hektar lahan. (AFP Photo/Josh Edelson)

Petugas pemadam kebakaran saat berada di dekat kobaran api besar di belakang sebuah rumah di dekat Mariposa, California, (19/7). Kebakaran ini telah menghancurkan setidaknya delapan bangunan. (AP Photo/Noah Berger)

Petugas pemadam kebakaran saat berada di dekat kobaran api besar di belakang sebuah rumah di dekat Mariposa, California, (19/7). Kebakaran ini telah menghancurkan setidaknya delapan bangunan. (AP Photo/Noah Berger)

Sebuah helikopter menurunkan air untuk mengatasi kebakaran di Mariposa, California (19/7). Akibat musibah ini ratusan orang telah dievakuasi. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Sebuah helikopter menurunkan air untuk mengatasi kebakaran di Mariposa, California (19/7). Akibat musibah ini ratusan orang telah dievakuasi. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Suasana kebakaran di Mariposa, California (19/7). Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menagatasi kebakaran tersebut. (AFP Photo/Josh Edelson)

Suasana kebakaran di Mariposa, California (19/7). Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menagatasi kebakaran tersebut. (AFP Photo/Josh Edelson)

Pemadam kebakaran menggunakan pesawat membuang fire retardant untuk mengatasi kebakaran di Mariposa, California (19/7). Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menagatasi kebakaran tersebut. (AFP Photo/Josh Edelson)

Pemadam kebakaran menggunakan pesawat membuang fire retardant untuk mengatasi kebakaran di Mariposa, California (19/7). Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menagatasi kebakaran tersebut. (AFP Photo/Josh Edelson)

Suasana kebakaran di Mariposa, California (19/7). Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menagatasi kebakaran tersebut. (AFP Photo/Josh Edelson)

Suasana kebakaran di Mariposa, California (19/7). Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menagatasi kebakaran tersebut. (AFP Photo/Josh Edelson)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pada Tahap Apa Water Birth Boleh Dilakukan?

Posted: 19 Jul 2017 10:00 PM PDT

Water birth atau melahirkan di dalam air sempat menjadi tren di kalangan ibu muda. Teknik melahirkan ini dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dan membuat ibu merasa nyaman.

Melahirkan dengan teknik water birth ini belum direkomendasikan di Indonesia. Beberapa risiko terhadap bayi seperti infeksi nafas menjadi alasannya.

Meski demikian, bukan berarti water birth ini tidak bisa dimanfaatkan. Teknik ini dapat dimanfaatkan saat ibu masih berada di tahap kala 1 persalinan.

"Ikatan Bidan Indonesia tidak merekomendasikan water birth sampai tahap pengeluaran janin, tapi bukan berarti water birth ini tidak bisa kita manfaatkan, " kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Dr. Emi Nurjasmi, Mkes dalam acara puncak hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia pada Rabu (19/7/2017) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran Jakarta Pusat.

Dr. Emi Nurjasmi menjelaskan water birth bisa digunakan dalam proses mencapai ke kala 2, dimana ibu mengalami kontraksi yang sangat kuat.

"IBI memfasilitasi saat wanita yang hendak melahirkan berada di proses kala 1, ibu hamil bisa berendam di air hangat yang dapat membuat kenyamanan, dapat mengurangi rasa sakit dan menstimulasi serviks. Begitu ada pembukaan, ibu akan dikeluarkan dari air, ini yang kami rekomendasikan," tutupnya.

 Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Bakal Perkenalkan Mi 5X dan MIUI 9 Bersamaan?

Posted: 19 Jul 2017 10:00 PM PDT

Xiaomi dilaporkan akan mengumumkan smartphone dan MIUI terbaru dalam waktu dekat. Menurut laporan terkini, perusahaan itu akan menyelenggarakan kegiatan khusus di Tiongkok pada 26 Juli 2017.

Adapun smartphone yang akan diperkenalkan Xiaomi pada gelaran itu adalah Mi 5X. Dikutip dari Phone Arena, Kamis (20/7/2017), informasi ini dapat dipastikan setelah perusahaan itu merilis poster promo.

Berdasarkan informasi, smartphone itu akan didukung oleh Snapdragon 625 dan RAM 4GB. Sementara dari sisi desain, bodi smartphone ini akan sepenuhnya berbalut metal.

Untuk fotografi, sesuai dengan poster promo yang dirilis, smartphone ini akan memiliki dua lensa pada kamera utama. Namun, belum dapat dipastikan resolusi dari keduanya, termasuk pada kamera depan.

Sebagian analis menyebut, Mi 5X merupakan seri smartphone anyar yang digunakan Xiaomi untuk bersaing dengan Oppo dan Vivo di pasar Tiongkok. Karenanya, penjualan perangkat ini akan berfokus pada kanal offline ketimbang online seperti seri Xiaomi sebelumnya.

Selain Mi 5X, Xiaomi juga akan memperkenalkan MIUI 9. Versi terbaru MIUI ini kabarnya akan berbasis Android 7.0 Nougat. Meski belum ada informasi seputar fitur yang diusung, petinggi Xiaomi sempat membocorkan tampilan dari sistem operasi anyar ini.

VP Marketing Xiaomi, Huang Longzhong, memamerkannya di Weibo. Berdasarkan unggahannya, tampilan MIUI 9 sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Hal itu dapat terlihat dari ikon yang digunakan dalam sistem operasi ini.

Rencananya, produk yang akan mendapatkan pembaruan untuk sistem operasi anyar ini adalah Redmi Note 3, Redmi 2 Prime, Redmi 3/3S/3A, Mi4i, Mi4s, Mi4c, Mi 5, Mi Max, Mi Pad 2, Redmi Note 4, Redmi Pro, Xiaomi Mi5s, termasuk Mi 6.

(Dam/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perdagangkan Pengungsi Rohingya, Eks Jenderal Dibui 27 Tahun

Posted: 19 Jul 2017 09:54 PM PDT

Seorang mantan jenderal Thailand divonis penjara 27 tahun karena terlibat dalam perdagangan manusia. Keputusan itu diambil dalam persidangan massal.

Manas Kongpan adalah salah satu dari 60 orang yang dihukum di Bangkok karena terbukti memperdagangkan orang Bangladesh dan Muslim Rohingya -- kelompok minoritas yang melarikan diri dari Myanmar.

Seorang pejabat tinggi lainnya dijatuhi hukuman 75 tahun penjara. Lebih dari 100 terdakwa diadili dalam pengadilan massal yang menarik perhatian internasional itu. Demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (20/7/2017).

Muslim Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar selama bertahun-tahun. Mereka membayar penyelundup untuk membantu melarikan diri.

Penangkapan jenderal itu yang terjadi pada Juni 2015 dipandang sebagai bagian dari upaya Thailand untuk menutup rute penyelundupan manusia melalui negara tersebut.

Hakim menyatakan, jenderal itu terbukti bersalah karena melakukan perdagangan manusia dan melakukan kejahatan transnasional.

Seorang mantan kepala administrasi di provinsi Satun, Ko-Tong (juga dikenal sebagai Patjuban Aungkachotephan), diganjar hukuman 75 tahun penjara.

Beberapa terdakwa lainnya diberi hukuman penjara dengan jangka waktu yang sama. Waktu hukuman yang diberikan kepada seluruh terdakwa berkisar antara empat sampai 94 tahun.

Pada tahun 2009, Jenderal Manas pernah mengatakan kepada BBC bahwa Thailand memperlakukan imigran secara manusiawi. Pernyataan itu ia ungkapkan setelah dituduh memerintahkan lebih dari seribu warga Rohingya untuk dihanyutkan ke laut dengan kapal tanpa mesin.

Jenderal Manas Kongpan (tengah) dikawal dua polisi saat ia menyerahkan diri pada Juni 2015 (NICOLAS ASFOURI / AFP)

Manas, adalah anggota militer Thailand pertama yang terlibat perdagangan manusia.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, kepala junta penguasa negara tersebut, mendesak masyarakat untuk tidak menuding semua anggota militer terlibat dalam perdagangan manusia.

"Ada banyak orang dalam jaringan perdagangan manusia ini," katanya kepada wartawan. "Jangan menganggap semua tentara di negara ini sama semua," lanjutnya.

Pada tahun 2015, ribuan pengungsi terdampar di laut saat mereka mencoba melarikan diri melalui Thailand selatan dan menuju ke Malaysia serta destinasi lainnya.

Krisis meningkat setelah tekanan internasional memaksa pihak berwenang Thailand untuk menindak jaringan penyelundupan. Hal ini menyebabkan para penyelundup meninggalkan para pengungsi, membiarkan mereka berada di laut dan darat tanpa kepastian.

Pengadilan di Thailand dipicu oleh ditemukannya kuburan massal pengungsi di kamp-kamp hutan dekat perbatasan Negeri Gajah Putih dan Malaysia.

Sebagian besar yang didakwa berasal dari Thailand, juga beberapa warga Myanmar dan Bangladesh.

Seorang polisi senior yang memimpin penyelidikan perdagangan manusia di Thailand, Mayor Jenderal Paween Pongsirin, melarikan diri ke Australia karena takut diancam oleh tokoh-tokoh berpengaruh yang terlibat dalam perdagangan manusia di negaranya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

https://www.vidio.com/watch/482349-video-warga-thailand-ini-dipaksa-sembah-foto-raja-bhumibol

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Gagalkan Penyelundupan Sabu 1 Ton, Begini Reaksi BNN

Posted: 19 Jul 2017 09:48 PM PDT

Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Arman Depari menyebut pemberantasan narkoba di Indonesia sudah cukup baik. Bahkan pelakunya juga telah ditindak secara tegas.

Menurutnya, hal ini terbukti dari digagalkannya penyelundupan sabu 1 ton di kawasan Anyer, Banten, beberapa waktu lalu. Ini merupakan suatu capaian yang cukup baik dalam hal pemberantasan narkoba.

"Kalau dari segi pemberantasan sudah sangat baik. Di seluruh daerah sudah ditindak tegas," kata Arman saat memberikan keterangan persnya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Namun, ia menambahkan, pemberantasan saja tidak cukup untuk menghentikan penyelundupan dan peredaran narkoba. Ia menganggap masih banyaknya pecandu di Indonesia menjadi ladang subur bagi produsen narkoba dari luar negeri.

"Karena banyaknya pasokan ke Jakarta khususnya ini, kita bisa simpulkan bahwa para pengguna dan pencandu masih banyak," ucap Arman.

Jajaran Polda Metro Jaya telah menangkap empat tersangka penyelundupan sabu satu ton, dalam penggerebekan di Pantai Anyer, Banten.

Satu tersangka yang diduga pemilik sabu tewas terkena peluru karena melawan saat penangkapan. Dalam penggerebekan ini, polisi menyita barang bukti narkoba berupa sabu 1 ton.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Kasetpres Heru Budi PNS DKI Berprestasi

Posted: 19 Jul 2017 09:48 PM PDT

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Heru Budi Hartono resmi menjadi Kepala Sekretariat Presiden (Setpres).

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyatakan, selama bekerja di lingkup Pemprov DKI Jakarta, Heru Budi adalah salah satu PNS berprestasi.

"Saya sampaikan selamat, kemarin sore datang ke saya minta doa restu. Pak Heru Budi termasuk PNS berprestasi," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Djarot menyebut, Heru acap kali berkerja tak mengenal waktu.

"Dedikasi serta kerjanya tidak kenal waktu, cukup bagus. Bisa mengorganisir SDM dan stafnya,"ucap dia.

Dengan pindahnya Heru menjadi PNS di lingkup pemerintah pusat, Djarot mengaku senang. Sebab, dengan demikian koordinasi antara Pemprov dan Pusat lebih mudah.

"Saya senang juga, pejabat DKI yang bisa mengabdi di sana akan semakin memudahkan untuk koordinasi," ujar Djarot.

Djarot mempersilakan PNS DKI yang ingin melebarkan sayap dengan bekerja di luar DKI. Termasuk saat Heru Budi meminta izin mengikuti seleksi, Djarot pun mengiyakan.

"(Heru) ikut seleksi kan terbuka, seleksi jabatan eselon I dan saya sampaikan siapa yang berminat. Misal ada seleksi sekda di provinsi tertentu. Saya tanya siapa yang bersedia jadi sekda di luar Jakarta. Waktu  mengikuti seleksi, Heru juga izin sama saya, boleh enggak Pak? Boleh," ujar Djarot Saiful Hidayat.

Saksikan video di bawah ini:



 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MPR Bersiap Gelar Tiga Agenda Besar di Bulan Agustus

Posted: 19 Jul 2017 09:46 PM PDT

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bersama Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan EE. Mangindaan memimpin rapat gabungan (ragab) dengan pimpinan fraksi MPR dan kelompok DPD RI. Acara tersebut berlangsung di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks MPR, DPR dan DPD, pada Rabu (19/7).

Usai pertemuan, kepada wartawan Ketua MPR menyampaikan, rapat gabungan dilaksanakan sebagai persiapan pelaksanaan tiga agenda MPR dalam waktu dekat. Yaitu, Sidang Tahunan pada 16 Agustus, Peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus dan perinagatan Hari Lahir MPR pada 29 Agustus.

"Diharapkan Ibu negara berkenan hadir menyertai Presiden pada peringatan hari konstitusi. Karena pada peringatan tersebut akan ada final lomba Cerdas Cermat Empat Pilar. Akan lebih baik jika Ibu negara ikut memberi pertanyaan pada peserta LCC", kata Ketua MPR menambahkan.

Sementara rangkaian kegiatan hari lahir MPR kata Zulkifli akan dimeriahkan dengan kegiatan jalan sehat. Diharapkan, kegiatan itu dihadiri oleh presiden dan wakil presiden terdahulu. Juga para ketua MPR dan para ketua-ketua partai.

"Akan terlihat lebih ramai dan meriah jika jalan sehat itu diikuti tamu-tamu kehormatan, sehingga tampak bahwa kita senantiasa mengutamakan persatuan", kata Zulkifli menambahkan.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Umumkan Hasil Tes di Brno, Keluhan Marquez Tidak Terbukti?

Posted: 19 Jul 2017 09:45 PM PDT

Manajer Honda Livio Suppo membeberkan hasil pengujian tertutup di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Dalam sebuah kesempatan dia menjelaskan jika saat ini pihaknya belum melihat masalah pada RC213V yang sempat dikeluhkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Tim Honda sengaja memangkas waktu liburan kedua pembalapnya selama dua hari. Pabrikan asal Jepang tersebut ingin melakukan pengujian sasis di Sirkuit Brno.

Selama pengujian cuaca di Sirkuit Brno sangat bagus, sehingga Marquez dan Pedrosa mampu mengumpulkan data yang baik. Tapi Suppo mencoba untuk tidak berkomentar terlalu jauh mengenai sasis barunya tersebut.

"Hasil pengujian bagus begitu pun dengan cuaca yang tidak terlalu panas. Mengenai masalah, saya belum bisa memberikan komentar tentang aspek teknis. Tapi sejauh ini saya belum melihat ada yang aneh," jelas Suppo dikutip dari GPOne, Kamis (20/7/2017).

Ketika disinggung mengenai ban Michelin, Suppo menjelaskan pemasok ban MotoGP saat ini lebih rumit dari sebelumnya. Maksudnya, seluruh tim peserta di kelas utama setidaknya harus menyesuaikan set-up motor mereka dengan ban agar para pembalap bisa tampil kompetitif di lintasan.

"Ban memiliki rentang penggunaan yang sangat terbatas dan terkadang tidak memungkinkan untuk memanfaatkan sepenuhnya. Sehingga apa yang dibutuhkan tidak memiliki pengaturan yang benar. Tapi Michelin tidak terlalu buruk, hanya saja lebih rumit," tegas Suppo.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHRI dan Polri Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Posted: 19 Jul 2017 09:45 PM PDT

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno (kiri) bersama Ketua Umum PHRI, Hariyadi BS Sukamdani menandatangani MoU di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Penyelenggaraan Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno (kiri) bersama Ketua Umum PHRI, Hariyadi BS Sukamdani menandatangani MoU di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Penyelenggaraan Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno (kiri) bersama Ketua Umum PHRI, Hariyadi B.S.S bertukar cenderamata usai menandatangani MoU di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno (kiri) bersama Ketua Umum PHRI, Hariyadi B.S.S bertukar cenderamata usai menandatangani MoU di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno memberi arahan usai menandatangani MoU dengan PHRI di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Penyelenggaraan Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno memberi arahan usai menandatangani MoU dengan PHRI di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Penyelenggaraan Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua Umum PHRI, Hariyadi B.S.Sukamdani memberi sambutan usai menandatangani MoU dengan Polri di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Penyelenggaraan Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua Umum PHRI, Hariyadi B.S.Sukamdani memberi sambutan usai menandatangani MoU dengan Polri di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Penyelenggaraan Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno (kiri) bersama Ketua Umum PHRI, Hariyadi B.S.S bertukar cenderamata usai menandatangani MoU di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno (kiri) bersama Ketua Umum PHRI, Hariyadi B.S.S bertukar cenderamata usai menandatangani MoU di Jakarta, Kamis, (20/7). MoU tentang Pengamanan Hotel dan Restoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah, OJK Punya Dewan Komisioner OJK Baru

Posted: 19 Jul 2017 09:43 PM PDT

Ketua dan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi dilantik hari ini. Pelantikan tersebut ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan di hadapan Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

"Saudara telah dipilih sebagai ketua dan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Sebelum mengemban tugas dan amanah tersebut, saudra-saudara wajib mengucapkan sumpah‎ jabatan. ‎Bersediahkah mengucapkan sumpah sesuai kepercayaan masing-masing?," ujar Hatta Ali di Gedung MA, Jakarta, Kamis (20/7/2017).‎

"Bersedia," dijawab serentak oleh Ketua dan Anggota DK OJK periode 2017-2022.

Ada pun susunan DK OJK yang baru antara lain Wimboh Santoso sebagai Ketua DK OJK. Sedangkan anggota dewan komisioner OJK lainnya Riswinandi, Heru Kristiyana, Nurhaida, Hoesen, Ahmad Hidayat dan Tirta Segara.

Saat pelantikan, hadir Menteri keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Desa Eko Putro Sandjojo, Gubernur BI Agus Martowardoko dan mantan Ketua OJK Muliaman Hadad.

Sebelumnya, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, DK OJK yang baru ini diisi oleh orang-orang yang tepat. Sebab, ketua dan anggota DK OJK yang terpilih merupakan orang-orang yang profesional dan memiliki banyak pengalaman di sektor jasa keuangan.

‎"OJK dipimpin oleh orang-orang yang profesional di bidangnya, orang yang paham soal sektor jasa keuangan," ujar dia saat berbincang denganLiputan6.com di Jakarta, Kamis 20 Juli 2017.

Bhima menuturkan, dengan total aset di industri jasa keuangan yan saat ini mencapai Rp 12 ribu triliun, diharapkan DK OJK yang baru ini bisa membuat industri jasa keuangan di dalam negeri bisa tumbuh lebih baik. Dengan demikian industri ini berkontribusi lebih besar bari perekonomian nasional.

"Karena nilai asetnya pun cukup besar, lebih dari Rp 12 ribu triliun, seluruh jasa keuangan. Maka ke depannya, harus bisa langsung bekerja," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Al-Aqsa Diperketat, Warga Palestina Ricuh dengan Polisi Israel

Posted: 19 Jul 2017 09:43 PM PDT

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyerukan rakyatnya untuk memprotes keputusan Israel yang menerapkan pengetatan masuk Masjid Al-Aqsa.

Israel diketahui telah memasang metal detektor dan pintu putar di depan Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. Demikian seperti  dikutip dari Al-Jazeera, Kamis (20/7/2017).

Situasi di sekitar tempat suci umat Islam tersebut memanas usai insiden berdarah Jumat 14 Juli 2017. Pihak Israel menuduh pemuda Palestina membunuh 3 orang polisi yang sedang berjaga di dekat masjid.

Pengetatan keamanan pun memicu demonstrasi besar. Unjuk rasa rakyat Palestina berujung kericuhan yang menyebabkan 50 demonstran terluka.

4 di antara korban luka merupakan petugas medis. 15 korban lain diketahui terluka karena terkena tembakan peluru karet.

Salah satu korban luka teridentifikasi sebagai mantan Mufti Yerusalem, Sheikh Ikirima Sabri.

Selain di Yerusalem, faksi Hamas yang menguasai Gaza juga menyerukan warga Palestina menggelar protes di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Menurut Mufti Yerusalem saat ini, Mohammed Ahmed Hussein tindakan Israel memperketat pengamanan di Masjid Al-Aqsa tidak masuk diakal.

"Tindakan baru tersebut akan mengubah status quo," ucap Ahmed kepada Al Jazeera. 

Menanggapi kritikan Palestina, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu langsung bereaksi. Ia memastikan, negaranya tidak akan niat merubah status quo yang sudah berlaku di Masjid Al-Aqsa.

Merespons pernyataan Netanyahu, Abbas menegaskan ia telah menghubungi PM Israel tersebut. Dalam sambungan telepon itu, dirinya mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga Palestina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Hari Penyerangan Novel Baswedan, Pegawai KPK Doa Bersama

Posted: 19 Jul 2017 09:42 PM PDT

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku kesulitan menangkap penyiram air keras penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Terhitung, sudah 100 hari sejak peristiwa penyerangan, Selasa, 11 April 2017 pagi.

"Hari ini adalah hari ke-100, sahabat kami Novel Baswedan diserang setelah salat subuh dan dalam perjalanan ke rumahnya," kata juru bicara Febri Diansyah, di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Pada sore nanti, ia mengatakan, para pegawai KPK akan berkumpul bersama di depan kantor untuk doa bersama demi kesembuhan Novel Baswedan. Harapannya, ia menambahkan, agar pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan segera ditangkap.

"Agar para pegiat antikorupsi seperti pegawai penegak hukum, masyarakat sipil, wartawan dan seluruh masyarakat yang menjadi bagian dari upaya melawan korupsi tidak menjadi korban dari serangan seperti itu," harap Febri.

Mengenai kondisi terkini Novel Baswedan, ia mengungkapkan, mata kirinya sudah terlihat berwarna putih. Dokter mengatakan jaringan matanya sudah tidak tumbuh.

"Mata kanan sedang dalam proses perbaikan. Mata kiri sedang proses pertimbangan untuk operasi besar," ujar Febri.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya telah membuat tiga sketsa wajah terduga penyerang air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengaku sudah memiliki tiga sketsa wajah terduga pelaku.

Pemimpin KPK telah diperlihatkan tiga sketsa wajah tersebut saat Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyambangi gedung KPK beberapa waktu lalu.

"Waktu itu saya dikasih lihat, ada beberapa ya. Sekitar tiga sketsa (penyerang Novel Baswedan)," ujar Saut di Kantor Ditjen Bea dan Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, 12 Juli 2017.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo Janji Akan Dukung Penuh Pretty Asmara

Posted: 19 Jul 2017 09:40 PM PDT

Terkait tertangkapnya artis Pretty Asmara karena kasus narkoba, teman sekaligus pemilik Kudeta Management, Vicky Prasetyo, menunjukkan empatinya. Mantan kekasih Zaskia Gotik itu berniat untuk mengunjungi Pretty Asmara dalam waktu dekat.

"Yang pasti sih saya akan berkunjung ke sana besok. Saya hari ini memang ada live di acara-acara saya. Besok ada rencana ke sana," ungkap Vicky Prasetyo saat dihubungi melalui telepon, Selasa (18/7/2017).

Tak hanya berkunjung, Vicky Prasetyo mengaku siap menyiapkan seluruh kebutuhan Pretty Asmara selama kasus ini berjalan.

"Ya untuk proses juga semua, pengin tahu ada kuasa hukum (atau) enggak, kalau enggak saya siapin kuasa hukum, pendamping. Kalau butuh apa saya juga bertanggung jawab," lanjut Vicky Prasetyo.

Terlepas salah atau tidak, Vicky berjanji akan terus mendampingi Pretty Asmara. Hal itu ia lakukan atas alasan pertemanan dan kemanusiaan. "Kalau terlibat atau tidaknya kan itu proses penyidikan. Kalau bicara kemanusiaan dia adalah tetap seseorang yang harus kita selamatkan," tutup Vicky Prasetyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdakwa E-KTP Tak Tahu Setya Novanto Jadi Tersangka E-KTP

Posted: 19 Jul 2017 09:35 PM PDT

Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman mengaku tak tahu perkembangan perkara korupsi e-KTP yang menjeratnya. Irman yang akan menghadapi vonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat mengaku tak tahu Ketua DPR Setya Novanto dijadikan tersangka.

"Wah saya tidak tahu. Penyidik KPK yang lebih tahu itu," ujar Irman sebelum sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (20/7/2017).

Menurut Irman, penyidik KPK lebih mengetahui siapa pihak-pihak yang diduga terlibat dalam bancakan proyek senilai Rp 2,3 triliun tersebut. Irman juga mengaku, tak banyak tahu apa yang dikatakan oleh saksi-saksi dalam pemeriksaan di KPK.

"Saksi saya sama Pak Gi (Sugiharto) sampai 264 orang. Penyidik banyak menghimpun keterangan dari para saksi. Jadi, penyidik yang tahu semua," kata dia.

Dalam perkara ini, KPK telah mendakwa dua eks pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto. Kini keduanya siap menghadapi vonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Tersangka ketiga yang ditetapkan oleh KPK adalah Andi Narogong, sedangkan Setya Novanto tersangka keempat.

Tersangka kelima, yakni politikus Partai Golkar Markus Nari. Selain sebagai tersangka korupsi e-KTP, Markus juga dijerat pasal menghalangi dan merintangi proses penyidikan dan persidangan e-KTP.

Markus diduga memengaruhi politikus Hanura Miryam S Haryani agar tak mengakui berita acara pemeriksaan (BAP) dalam sidang. Alhasil, Miryam pun ditetapkan sebagai tersangka pemberi keterangan palsu dalam persidangan kasus e-KTP.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 5,1 SR Getarkan Yogyakarta

Posted: 19 Jul 2017 09:35 PM PDT

Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) menggetarkan Yogyakarta pada pukul 11.12 WIB.

Gempa berada di kedalaman 10 km di bawah permukaan laut ini terletak di laut selatan Jawa, 9.23 Lintang Selatan dan 110.41 Bujur Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis (20/7/2017), menyebutkan, gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," sebut BMKG dalam laman resminya.

Titik gempa bumi ini berada di 135 km barat daya Gunung Kidul, 140 km barat daya Pacitan, 145 km tenggara Bantul, dan 159 km tenggara Yogyakarta.

Hingga kini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa bumi ini.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Beri Bunga KPR 5 Persen di IPEX 2017

Posted: 19 Jul 2017 09:32 PM PDT

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) akan menyelenggarakan pameran properti tahunan Indonesia Properti Expo 2017 pada 12-20 Agustus 2017 di Jakarta Convention Centre (JCC).

Managing Director Consumer Banking BTN Handayani menuturkan, banyak penawaran menarik yang akan diberikan selama pameran properti terbesar di Indonesia ini.

Salah satu penawaran, BTN akan memberikan bunga khusus hanya 5 persen fix untuk satu tahun bagi rumah nonsubsidi, dengan DP juga hanya 5 persen.

"Selain itu, kami juga akan tawarkan bunga KPR untuk rumah nonsubsidi hanya 6,5 persen fix untuk tiga tahun," kata Handayani di Menara BTN, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Dalam 10 hari ini, Handayani menargetkan mampu menghadirkan jumlah pengunjung pameran lebih dari 350 ribu orang. Angka ini naik jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung pameran yang sama pada tahun lalu sebesar 320 ribu orang.

Acara ini tidak dikhususkan untuk masyarakat Jabodetabek, tetapi seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, BTN akan menginformasikan kegiatan ini ke seluruh kantor cabang di seluruh Indonesia.

Sebagai daya tarik masyarakat di luar Jabodetabek, Handayani mengaku telah bekerja sama dengan Garuda Indonesia untuk memberikan harga tiket penerbangan khusus ke Jakarta bagi masyarakat yang ingin hadir di JCC.

Handayani memastikan penawaran-penawaran ini tidak akan ada di kegiatan lain yang ditawarkan pengembang selain di acara IPEX 2017.

"Dengan begitu akan menimbulkan emosional buying bagi pengunjung. Jadi yang tadinya tidak ingin beli, hadir di acara ini jadi ingin beli," tambah Handayani.

Pada acara yang rencananya dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ini, juga akan dilakukan akad serentak untuk 1.000 anggota Polri.

"Setidaknya akan ada sekitar 900 proyek properti di seluruh Indonesia," ujar Handayani. (Yas)

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Batam Usai Diprotes Singapura karena Laser

Posted: 19 Jul 2017 09:30 PM PDT

Setelah mendapat protes dari air traffic control (ATC) Bandara Changi  Singapura, pihak Bandara Hang Nadim bersama kepolisian akan merazia penjualan lampu laser di Batam.

General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso Suwarso mengatakan setelah menerima protes dari Singapura, pihak bandara bersama kepolisian dan Dinas Perhubungan menggelar rapat membahas tindak lanjut penjualan laser.

"Kita menunggu satu kali rapat dengan tim khusus, dalam hal ini Air Nav,  untuk menangani sinar laser," ucap Suwarso kepada Liputan6.com di Bandara Hang Nadim, Rabu sore, 19 Juli 2017.

Menurut Suwarso, hingga kini pihaknya masih mengedepankan pendekatan persuasif kepada para penjual laser. Jika mereka masih bandel, ia mengatakan polisi dan instansi terkait tidak segan menggelar sweeping.

"Nanti kalau masih ada yang melanggar, akan dikenakan sanksi tiga bulan pidana kurungan dan denda," ucap Suwarso yang menambahkan sanksi itu berdasarkan aturan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Menurut Suwarso, aksi sweeping digelar bukan berarti melarang sepenuhnya penjualan laser, tetapi membatasi penjualan laser hanya yang tidak  membahayakan penerbangan.

Dalam semester terakhir, Suwarso mengakui pihaknya sudah menerima delapan laporan gangguan penerbangan dari pihak Bandara Changi Singapura akibat sinar laser dari Batam.

"Terakhir menerima email pada 12 Juli," katanya.

Keluhan pihak ATC Bandara Changi menyebutkan sejumlah pilot yang hendak terbang maupun mendarat terganggu dengan sinar laser berwarna hijau yang mengarah ke lintasan udara Singapura setiap di atas pukul 19.00 WIB. Pasalnya, jarak sinar laser itu bisa mencapai ketinggian hingga dua kilometer.

"Apalagi di wilayah Tanjung Riau dan Sekupang, ketinggian pesawat dari Singapura kurang dari dua kilometer," ujar Suwarso.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

David NOAH Belum Terima Panggilan Sidang Cerai

Posted: 19 Jul 2017 09:30 PM PDT

Sidang cerai perdana Gracia Indri dan David NOAH dibuka di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/7/2017). Sidang beragendakan pemeriksaan berkas perkara itu tak dihadiri kedua principal.

Gracia Indri dan David NOAH kompak mangkir sidang. Gracia Indri cuma diwakilkan tim pengacara, sedangkan David NOAH tanpa kabar ke pengadilan.

"Iya memang Gracia Indri belum perlu untuk hadir karena diwakilkan kuasa hukum. Kalau nanti diperlukan untuk hadir, pasti akan hadir kok," ujar pengacara Gracia Indri, Rohman Hidayat usai persidangan.

Sementara itu, sidang cerai Gracia Indri dan David NOAH terpaksa ditunda hingga pekan depan karena persoalan teknis. Surat panggilan yang dilayangkan Pengadilan Negeri Bandung tak sampai ke tangan David NOAH.

"Pengadilan sudah mengirimkan surat panggilan ke alamat yang tertera dalam gugatan‎. Namun, juru sita pengadilan mendapati kalau tergugat (David) sudah tak tinggal di sana sejak 2013," ujar Humas Pengadilan Negeri Bandung, Wasdi Permana ditemui di kantornya.

Seperti diketahui, Gracia Indri dan David NOAH menikah pada 28 Desember 2014 di Gereja Katedral Bandung, Jawa Barat. Selama tiga tahun menikah, gosip perceraian sempat menimpa kedua pasangan ini ketika David NOAH menyindir Gracia Indri di Instagram pada 2016."Masih inget pulang?"

Tetapi itu itu menguap dengan sendirinya ketika Gracia-David tampil mesra di beberapa kesempatan. (Ras)

 

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canggih, Jembatan Ikonis Hanoi Usung Penerangan Berbasis Cloud

Posted: 19 Jul 2017 09:30 PM PDT

Hanoi, ibu kota Vietnam, tengah berbenah infrastruktur. Salah satu bukti pencapaian terbesar dalam bidang infrastruktur kota ini adalah penerangan di salah satu jembatan ikonisnya, Nhật Tân.

Menariknya, jembatan tersebut menggunakan sistem penerangan berbasis cloud agar bisa dikontrol dari jauh.

Diketahui, pemerintah menggandeng perusahaan konstruksi Vietnam, Sun Groups, bersama Philips untuk sistem penerangannya. Lampu-lampu yang menghias jembatan itu memendarkan cahaya warna-warni yang indah.

Seperti dikutip dari laman Inhabitat, Kamis (20/7/2017), Philips menerangi pada lima rentang jembatan dan kabel yang melintas di atas. Jadi, saat orang melewati jembatan yang ada di atas Sungai Merah itu, mereka akan menemukan lima jenis warna di sepanjang jembatan Nhật Tân.

Philips menggunakan sistem manajemen penerangan cloud bernama ActiveSite. Tak cuma memonitor, sistem cloud tersebut juga bertugas untuk memelihara dan mengatur sistem pencahayaan dari jarak jauh.



Sementara, Philip menggunakan Philips Color Kinetics di sepanjang titik lampu jembatan. Teknologi tersebut diklaim bisa memendarkan 16,7 juta warna yang berbeda. Bahkan, cahaya ini bisa menampilkan warna-warna khusus untuk memperingati berbagai perayaan.

Philips adalah perusahaan yang kini berfokus pada teknologi pencahayaan. Apalagi, perusahaan asal Negeri Tulip itu kerap menerangi beberapa landmark di berbagai negara.

Di Indonesia, Philips telah mempercantik pencahayaan di Monumen Nasional, Bundaran HI, Jembatan Ampera Palembang, Jembatan Suramadu, Gua Gong Pacitan, Gedung Sate, Jembatan Pasopati Bandung, dan masih banyak lagi.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tega, Ibu Jual Bayi Kandungnya demi Sepeda Motor

Posted: 19 Jul 2017 09:30 PM PDT

Oluchi Emeobi, seorang ibu berusia 24 tahun di Nnewi, Negara Bagian Anambra ditangkap polisi karena diduga menjual bayinya yang berusia dua bulan. Perempuan itu langsung diarak di jalanan. Ia menggunakan sebagian uang hasil penjualan bayinya ini untuk membeli sepeda motor.

Dilansir dari nigerianbulletin.com, polisi menangkap Emeobi pada 8 Juli 2017 pukul 11 waktu setempat. Perempuan ini dituduh telah berkomplot dengan temannya  Nchedoch Richard (26) untuk menjual bayi laki-lakinya kepada seorang wanita, yang dikenal sebagai "Ibu Negara".

Untuk mengelabui petugas, mereka mengatakan, bayinya ia titipkan pada seorang perempuan yang belum tentu akan melarikan bayinya. Polisi serta merta tidak langsung percaya begitu saja.

Polisi terus mengadakan penyelidikan. Lalu barang bukti pun ditemukan. Polisi menemukan uang tunai dan sepeda motor yang ia beli dari sebagian uang hasil penjualan bayinya. 

Emeobi didakwa telah melakukan perdagangan manusia sementara Richard menghadapi tuduhan telah melakikan persekongkolan jahat demi keuntungannya sendiri. Target polisi selanjutnya adalah mengadakan penyelidikan lebih jauh untuk menangkap "Ibu negara." *

Bagaimana menurutmu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Mayweather Jr, McGregor Genjot Fisik

Posted: 19 Jul 2017 09:30 PM PDT

Conor McGregor terus menggenjot fisik jelang pertarungan melawan Floyd Mayweather Jr di T-Mobile Arena, pada 26 Agustus mendatang. Sebagai langkah persiapan, jawara UFC 202 itu mengunjungi UFC Performance Institute di Las Vegas, Amerika Serikat.

Keberadaannya di UFC Performance Institute sebagai upaya untuk menyempurnakan tingkat kebugarannya. Maklum, McGregor selama ini terbiasa bertarung kurang dari lima ronde dengan memakan waktu maksimal 25 menit.

Sekarang situasinya berbeda ketika McGregor menantang Mayweather Jr. Pasalnya, dia wajib berada di atas ring selama 12 ronde dan satu putaran memakan waktu 3 menit. Sehingga tak aneh jika McGregor berusaha menyempurnakan tingkat kebugarannya. 

UFC Performance Institute baru saja dibuka bulan lalu. Pusat kebugaran itu memiliki berbagai fasilitas seperti area hidroterapi, ruang ketinggian, relaksasi, dan cyrotherapy. Kehadiran McGregor di sana tampak dari foto yang diunggah di akun Instagram-nya. 

Dalam foto tersebut, petarung Mixed Martial Arts (MMA) asal Republik Irlandia itu tampak tengah berada di ruang cyrotherapy - 170C. *

Petarung MMA, Conor McGregor berusaha meningkatkan kemampuan fisiknya jelang lawan Floyd Mayweather Jr (Instagram)

Selain meningkatkan kebugaran, McGregor juga berusaha menyempurnakan teknik bertinjunya. McGregor memilih Malignaggi sebagai partner sparing. McGregor berharap, juara dunia tinju kelas welter itu mampu memperkaya gerakannya di atas ring. 

"Tidak ada keraguan dalam pikirannya. Ketika saya pertama kali melihat pertarungan ditandatangani, saya berpikir, Conor harus tahu bahwa dia akan kalah. Maksudku, secara halus, dia harus percaya bahwa dia akan kalah. Tetapi setelah melihat tur promosi siang dan malam selama empat hari, ada sesuatu pada diri Conor," kata Malignaggi seperti dikutip dari MMA Fighting, Kamis (20/7/2017).

"Saya tidak akan mengatakan akan pergi ke sana untuk melatihnya, tapi saya mungkin bisa memberinya beberapa saran tentang teknis bertinju. Saya pikir Conor memiliki tim latihan yang sangat baik, dia memiliki tim yang memahaminya di dalam dan di luar oktagon. Saya akan pergi ke sana untuk sparing dengan Conor, dan jika saya melihat ada sesuatu maka saya akan berbagi pandangan dengannya," tambah Malignaggi. *

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harumkan Bangsa, Profesor Purwiyatno Terpilih Jadi Pimpinan Codex

Posted: 19 Jul 2017 09:30 PM PDT

Anak bangsa kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Prof. Dr. Ir. Purwiyatno, MSc belum lama ini terpilih sebagai Vice Chair Codex, sebuah badan antarpemerintah yang bertugas melaksanakan program standar pangan FAO/WHO.

Setelah melewati proses panjang, Purwiyatno berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan Vice Chair Codex. Dia berhasil unggul satu suara dibandingkan calon lain dari Inggris dan Lebanon.

Terpilihnya profesor bidang teknik proses pangan Institut Pertanian Bogor ini sebagai Vice Chair Codex memunculkan harapan baru bagi pihak yang berkecimpung di bidang pangan. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito berharap kepemimpinan pria lulusan Teknik Pangan University of Wisconsin Amerika Serikat dalam badan tersebut mampu berpihak pada kepentingan pangan Indonesia.

"Kami sudah tahu profesionalisme beliau. Kami sangat bangga dan gembira serta penuh harapan mengangkat nama Indonesia terkait pangan dan produk Indonesia," kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito dalam sambungan telepon dengan Health-Liputan6.com pada Kamis (20/7/2017).

Penny juga mengingatkan kembali hadirnya anak bangsa di kancah internasional bidang pangan merupakan bukti Indonesia memiliki sosok kompeten yang dapat diperhitungkan. Sebelumnya, FG Winarno juga menjabat posisi penting sebagai Presiden Codex periode 1991-1996.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China, Rusia, AS, dan Ancaman Perang Antariksa

Posted: 19 Jul 2017 09:30 PM PDT

Tahun 1969, ketika manusia menginjakkan kaki untuk kali pertamanya di Bulan, sebuah plakat berisi tulisan ditinggalkan di sana.

Pada plakat itu, tertulis; :"Kami datang dengan damai atas nama seluruh umat manusia". Dan sejak momen bersejarah itu, perkembangan teknologi keantariksaan terus mengalami perkembangan pesat.

Kini, tak cuma Amerika Serikat, beberapa negara lain juga telah berhasil mengembangkan dan membuat pesawat dan satelit versi masing-masing yang dikirim ke angkasa luar. Tujuannya diklaim demi perkembangan ilmu pengetahuan.

Namun, tak semua agenda tersebut murni dilakukan hanya semata mengatas-namakan ilmu pengetahuan. Beberapa negara, dilaporkan turut mengembangkan teknologi keantariksaan untuk mengekspansi kapabilitas militer masing-masing.

Berbagai teknologi militer yang dikembangkan menggunakan perspektif keantariksaan pun mulai bermunculan, mulai dari satelit mata-mata, hingga rudal penghancur untuk mengatasi satelit tersebut.

Pada tahun 2007, China melakukan uji coba misil yang terbang setinggi 864 km ke langit. Rudal itu berfungsi dengan baik, namun, Tiongkok harus menanggung dampak sampingan yang dihasilkan dari tes itu.

Pasalnya, proyektil kinetik dari misil yang ditembakkan satu dekade lalu itu, menyasar ke salah satu satelit cuaca milik China sendiri, FY-1C polar orbit. Dengan kecepatan 8 km/detik, proyektil kinetik misil itu sukses menghancurkan satelit tersebut.

Meski menimbulkan insiden, namun peristiwa itu menunjukkan bahwa China berpotensi memiliki rudal anti-satelit.

 Pesawat ruang angkasa Tiongkok, Shenzhou 11 pembawa roket Long March-2F lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di laut provinsi Gansu, Tiongkok, (17/10). (China Daily/via REUTERS)

Setahun kemudian, pasca-insiden misil China, Angkatan Laut AS menembak jatuh sebuah satelit intai militer bernama sandi USA-193 di orbit Bumi. Tak seperti Tiongkok, penembakan yang merupakan sebuah operasi militer resmi itu sengaja dilakukan oleh AL Amerika Serikat.

Operation Burnt Frost --nama sandi penembakan USA-193-- dilakukan karena AL AS merasa perlu untuk menembak satelit usang yang diperkirakan berpotensi jatuh serta dapat menimbulkan dampak berbahaya di Bumi. Menggunakan misil SM-3, AL AS sukses menembak jatuh satelit tersebut.

Sementara itu, pasca-2008, Rusia dilaporkan telah 5 kali melepaskan rudal anti-satelit. Menambah daftar negara yang memiliki kapabilitas misil penghancur satelit angkasa luar, selain AS dan China.

"Angkasa luar bukan sebuah tempat aman, itu akan menjadi domain peperangan," kata Brigadir Jenderal AU AS Mark Baird, seperti yang dikutip oleh Business Insider Australia, Rabu (19/7/2017).

 

Stratolaunch (Stratolaunch System Corporation)

Sejumlah angkatan bersenjata dari berbagai negara kini mengandalkan domain antariksa untuk meningkatkan sejumlah aspek kapabilitas tempur mereka, seperti komunikasi, koordinasi, navigasi, dan intai militer.

"Musuh yang akan menyerang AS, mereka akan diserang menggunakan satelit. Jika perang lewat domain antariksa terjadi antara China, Rusia, AS, akan membutuhkan sejumlah waktu sebelum kabar itu sampai ke telinga publik," kata Peter Singer, peneliti dari New America dan penulis buku 'Ghost Fleet: A Novel of the Next World War'.

Saat ini, Singer menjelaskan bahwa teknologi militer domain antariksa AS dinilai lebih maju ketimbang milik Rusia dan China. Keunggulan itu ditandai dengan inter-koneksi sistem militer domain antariksa dengan alutsista konvensional Negeri Paman Sam.

Sementara itu, Amerika Serikat juga berencana untuk membentuk US Space Corps, angkatan bersenjata yang didedikasikan untuk peperangan antariksa (space warfare). Korps itu akan menyerap domain kemiliteran angkasa luar, yang tugas dan fungsinya selama ini masih dalam tanggung jawab Komando Antariksa-Angkatan Udara AS. Meski begitu, usulan itu masih dalam tahap penggodokan.

Pakar justru berpendapat, pembentukan cabang militer khusus untuk peperangan angkasa luar dinilai tidak tepat. Sementara itu pakar juga menilai, langkah AS untuk mengembangkan teknologi satelit intai --yang direncanakan akan berukuran semakin kecil ketimbang model konvensional-- dianggap akan semakin irelevan.

Menurut ahli, negara --yang menjadikan domain antariksa sebagai fokus pengembangan kapabilitas militer-- seperti AS, China, dan Rusia, juga harus mengembangkan teknologi satelit pertahanan yang efektif dan efisien.

Pakar menyebut mengenai potensi Stratolaunch yang mampu menembakkan roket dari antariksa dan pesawat SpaceX yang dianggap sangat efisien dari segi pembiayaan.

Polemik - Potensi Militer dan Antariksa

China Miliki Laser Pemusnah Satelit, Perang Antariksa Dimulai? (CCTV)

Sementara itu, pakar lain menyebut soal potensi permasalahan lingkungan baru yang akan muncul ketika peperangan antariksa menjadi tren di masa mendatang. Permasalahan lain seperti serpihan benda dan materi, dampak dari peperangan antariksa, mungkin turut akan menjadi polemik.

"Itu akan menjadi masalah yang pelik. Tengok serpihan satelit FY-1C yang hancur pada insiden misil China 2007. Sekitar 3.000 hingga mungkin jutaan puing dari satelit itu menjadi sampah di orbit Bumi," kata Bhavya Lal, anggota IDA Science and Technology Policy Institute.

Serpihan dan puing itu, juga berpotensi jatuh dan membahayakan kehidupan yang ada di Bumi. Selain itu, sisa-sisa yang masih mengambang di orbit akan menimbulkan polemik lain.

Menurut sebagian pihak, domain antariksa seharusnya lebih berpotensi sebagai aspek penggentarjeraan --ketimbang peperangan-- dalam politik luar negeri suatu negara, jelas Mayor Jenderal AL AS Charles Richard, pada Maret lalu.

"Meski kita tidak berperang di angkasa luar, bukan berarti saat ini kita juga sedang dalam kondisi damai," kata Mayjen AL AS Richard.

Saksikan juga video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korupsi 3 Ketua Lembaga Tinggi Negara

Posted: 19 Jul 2017 09:27 PM PDT

Korupsi menjadi penyakit masyarakat yang sepenuhnya belum bisa diberantas di Indonesia. Tindakan terlarang itu pun kerap kali dilakukan oleh tokoh-tokoh besar yang memegang jabatan penting di negara ini.

Kasus terbaru yang masih sangat hangat adalah korupsi pengadaan E-KTP yang menyeret sejumlah nama besar. Salah satunya Ketua DPR RI Setya Novanto atau Setnov.

Oleh KPK, politikus Partai Golkar ini ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa 17 Juli 2017. Setnov diduga punya andil dalam megakorupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Bahkan, Setnov diduga punya peran sejak proyek E-KTP itu dimulai. Dalam dakwaan yang dibacakan jaksa dalam sidang korupsi E-KTP atas terdakwa Irman dan Sugiharto, nama Setya Novanto kerap kali disebut.

Setya Novanto bukan satu-satunya ketua lembaga negara yang pernah berurusan dengan KPK. Sebelumnya, ada dua nama yang pernah berurusan dengan KPK karena terjerat tindak pidana korupsi.

Selengkapnya, simak dalam Infografis di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Farhan Mahasiswa Gunadarma Korban Bullying Angkat Bicara

Posted: 19 Jul 2017 09:20 PM PDT

Muhammad Farhan, mahasiswa Gunadarma Depok yang menjadi korban perundungan atau bullying angkat bicara.

Selain menyoal perilaku teman-temannya yang melakukan perundungan, mahasiswa semester tiga ini berharap pihak kampus menjamin kenyamanan setiap mahasiswa saat belajar di lingkungan kampus.

Kepada SCTV dan Liputan6.com, Rabu 19 Juli 2017, Farhan menuturkan perundungan yang menimpanya rupanya bukan pertama kali terjadi.

"Sudah sering banget, dari semester satu," kata Farhan di kediamannya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Rupa-rupa bentuk perundungan yang dilakukan teman satu kampusnya, mulai dari menahan pintu kelas dan berakibat Farhan tidak bisa keluar kelas, sampai dengan menarik tasnya.

"Pokoknya banyaklah," ujar dia.

Farhan tidak diam. Terkadang, dia melawan dengan sikap yang dilakukan teman-temannya itu. Namun, perundungan kerap berulang dilakukan teman-temannya.

"Saya enggak terima, awalnya becanda tapi becanda itu menyakitkan banget buat saya. Pokoknya menyakitkanlah," keluh Farhan.

Setelah menjadi sorotan banyak orang terhadap peristiwa yang menimpanya, Farhan berharap perlakuan serupa tidak terulang kembali.

"Mohon teman-teman saya jangan gangguin saya. Kedua, pihak kampus harap beri kenyamanan saya belajar sampai lulus," harap Farhan.

Terkait dengan sanksi, Farhan menyerahkan seluruhnya sanksi tersebut kepada pihak kampus.

"Kalau untuk hukuman yang dijatuhkan pada teman-teman terserah, sesuai hukuman yang berlaku," kata dia.

Beri Sanksi

Universitas Gunadarma mengumumkan hasil investigasi internal atas bullying terhadap salah satu mahasiswanya, Muhammad Farhan.

Selain mengutuk keras tindakan bullying, Universitas Gunadarma juga menjatuhkan sanksi kepada 13 mahasiswa yang terdapat dalam rekaman video bullying.

Sanksi dijatuhkan berdasarkan ketentuan tata tertib kampus. Sanksi terberat berupa skorsing 12 bulan dijatuhkan pada tiga mahasiswa. Masing-masing, penarik tas korban, perekam video, serta yang menyuruh korban melawan.

Sementara itu, satu orang dikenai skorsing enam bulan karena turut meneriaki korban, sedangkan sembilan lainnya mendapat peringatan tertulis karena membiarkan bullying terjadi.

Sanksi atas tindakan bullying di Universitas Gunadarma ini berlaku mulai tahun ajaran berikutnya. Sementara untuk mencegah kasus serupa terulang, Universitas Gunadarma membuat aturan khusus bagi peserta didik berkebutuhan khusus dan aplikasi laporan bullying.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Didampingi Sri Mulyani Gelar Barang Bukti Penyelundupan 1 Ton Sabu

Posted: 19 Jul 2017 09:20 PM PDT

Petugas polisi berjaga dalam rilis penyelundupan 1 ton sabu di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Polisi yang bekerja sama dengan BNN dan Bea Cukai berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 1 Ton asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas polisi berjaga dalam rilis penyelundupan 1 ton sabu di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Polisi yang bekerja sama dengan BNN dan Bea Cukai berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 1 Ton asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tersangka beserta barang bukti 1 Ton narkoba jenis sabu saat rilis di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Sembilan orang tersangka diamankan petugas dalam penyelundupan sabu seberat 1 Ton asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tersangka beserta barang bukti 1 Ton narkoba jenis sabu saat rilis di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Sembilan orang tersangka diamankan petugas dalam penyelundupan sabu seberat 1 Ton asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menginterogasi tersangka penyelundupan narkoba di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Polisi bekerja sama dengan BNN dan Bea Cukai menggagalkan penyelundupan 1 Ton sabu asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menginterogasi tersangka penyelundupan narkoba di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Polisi bekerja sama dengan BNN dan Bea Cukai menggagalkan penyelundupan 1 Ton sabu asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tersangka dan barang bukti 1 Ton narkoba jenis sabu saat rilis di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Polisi yang bekerja sama dengan BNN dan Bea Cukai berhasil menggagalkan penyelundupan 1 Ton sabu asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tersangka dan barang bukti 1 Ton narkoba jenis sabu saat rilis di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Polisi yang bekerja sama dengan BNN dan Bea Cukai berhasil menggagalkan penyelundupan 1 Ton sabu asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan melihat barang bukti sabu dalam rilis di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Sembilan orang tersangka diamankan petugas dalam penyelundupan sabu seberat 1 Ton asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan melihat barang bukti sabu dalam rilis di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Sembilan orang tersangka diamankan petugas dalam penyelundupan sabu seberat 1 Ton asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan saat rilis pengungkapan 1 Ton narkoba jenis sabu di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan saat rilis pengungkapan 1 Ton narkoba jenis sabu di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tersangka dihadirkan saat rilis pengungkapan 1 Ton narkoba jenis sabu di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Sembilan orang tersangka diamankan petugas dalam penyelundupan sabu seberat 1 Ton asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tersangka dihadirkan saat rilis pengungkapan 1 Ton narkoba jenis sabu di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). Sembilan orang tersangka diamankan petugas dalam penyelundupan sabu seberat 1 Ton asal Taiwan di Banten. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan saat rilis pengungkapan 1 Ton narkoba jenis sabu di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan saat rilis pengungkapan 1 Ton narkoba jenis sabu di Polda Metro Jaya, Kamis (20/7). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oka Mahendra Putra Meninggal, Awkarin: Dia Sudah Lelah

Posted: 19 Jul 2017 09:20 PM PDT

Hati selebgram Karin Novilda atau populer dengan nama Awkarin saat ini tengah dirundung duka. Mantan kekasihnya, Oka Mahendra Putra, meninggal dunia, Selasa (18/7/2017).

Kepergian Oka Mahendra Putra yang mendadak ini tentunya mengejutkan banyak pihak terutama Awkarin. Sejumlah kabar menyebutkan kalau Oka meninggal bunuh diri lantaran terlilit utang.

 Oka Mahendra Putra dan Awkarin

Meski berat, Awkarin mencoba mengikhlaskan kepergian Oka Mahendra Putra untuk selama-lamanya. Pelantun lagu "Candu" itu merasa mungkin ini jalan terbaik yang dipilih Oka.

"Tuhan melihatnya sudah mulai lelah... jadi Dia memeluknya dan berbisik 'Datanglah kepadaku'. Meskipun aku sangat mencintainya, aku tidak bisa membuatnya bertahan," ungkap Awkarin lewat Instagram pribadinya, Rabu (19/7/2017).

Sedihnya lagi, Oka Mahendra Putra meninggal dunia tepat sehari sebelum hari ulang tahunnya yang jatuh pada Kamis (20/7/2017) ini. Awkarin bahkan sampai tak sanggup menyaksikan prosesi pemakaman Oka.

 Awkarin ikhlaskan kepergian Oka Mahendra Putra.

"Selamat ulang tahun lebih awal, Cinta. Maafin karin ulang tahun kamu karin cuma bisa kasih Al Fatihah, Yasin, dan bunga mawar kesukaan kamu," imbuhnya usai meletakkan seikat bunga mawar di atas batu nisan Oka Mahendra.

Meski sudah tak lagi berpacaran, Awkarin masih menyimpan hati dan cintanya untuk Oka Mahendra Putra. Apalagi, Oka juga menjadi salah seorang yang berjasa dalam karier perempuan berusia 20 tahun itu.

 Oka Mahendra Putra dan Awkarin

"Maaf aku tidak berada di sana di saat terakhirmu. Karin, quavo, mama papa kamu, temen temen kamu bakal kangen kamu banget. Sampai jumpa lagi, sayangku," Awkarin mengakhiri.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Andi Narogong untuk Tersangka Setnov

Posted: 19 Jul 2017 09:19 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong. Andi akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka baru korupsi e-KTP Setya Novanto.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (20/7/2017).

Andi Narogong merupakan saksi pertama bagi Ketua DPR RI tersebut usai ditetapkan sebagai tersangka korupsi e-KTP.

Dalam dakwaan dan tuntutan terhadap dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto, Andi dan Setya Novanto merupakan pihak yang turut bersama-sama merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Keduanya diduga menerima uang paling besar, yakni 11 persen dari hasil bancakan tersebut setelah dipotong pajak. Diduga, pemeriksaan keduanya untuk mendalami pertemuan-pertemuan informal yang terjadi dalam pembahasan proyek senilai Rp 5,9 triliun.

Berkas Andi

Penyidik KPK juga memeriksa beberapa saksi untuk tersangka Andi Narogong. Mereka dimintai keterangan untuk melengkapi berkas Andi yang merupakan tersangka ketiga kasus korupsi e-KTP.

Mereka adalah Komisaris PT Berkah Langgeng Abadi July Hara, Dirut PT Noah Arkindo Hoan Dedei, Direktur PT Noah Arkindo Frans Hartono Arief, Staf Puncak Mas Auto Sandra, Wiraswasta PT Harrisma Agung Jaya Nana Juhana Osay, PNS Ditjen Dukcapil Kemendagri Fajar Kurniawan.

Dalam perkara ini, KPK telah mendakwa Irman dan Sugiharto. Kini keduanya siap menghadapi vonis Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Tersangka ketiga yang ditetapkan KPK adalah Andi Narogong, sedangkan Setya Novanto merupakan tersangka keempat.

Tersangka kelima yakni politikus Partai Golkar Markus Nari. Selain sebagai tersangka korupsi e-KTP, Markus juga dijerat pasal menghalangi dan merintangi proses penyidikan dan persidangan e-KTP.

Markus diduga memengaruhi politikus Hanura Miryam S Haryani agar tak mengakui Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dalam sidang. Alhasil, Miryam pun ditetapkan sebagai tersangka pemberi keterangan tidak benar dalam persidangan kasus e-KTP.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Listrik Mahal? 6 Cara ini Bikin Tagihan Listrik Anda Tetap Murah!

Posted: 19 Jul 2017 09:19 PM PDT

Belakangan ini banyak orang yang mengeluhkan tarif listrik yang terus melonjak setelah pemerintah mengurangi subsidi listrik di tahun ini. Hanya sekitar 23,15 juta pelanggan lisrik 450 VA dan 900 VA dari golongan tidak mampu dan layak disubsidi yang akan mendapatkan subsidi dari APBN 2017.

(Baca juga: Jangan Mau Kena Pungli, Ini Biaya Asli Pasang Listrik Pintar!)

Hal ini tentu saja bikin banyak orang khawatir, takut tagihan listriknya jadi membengkak. Pasalnya, listrik merupakan kebutuhan utama setiap rumah tangga. Untuk menyiasatinya terapkan enam tips dari Rumah.com berikut sehingga bisa menekan bujet tagihan listrik setiap bulannya.

1. Desain Rumah Hemat Energi

Jika memungkinkan, buatlah hunian dengan desain yang mendukung penghematan energi. Misalnya membangun rumah yang memiliki banyak bukaan atau ventilasi sehingga cahaya alami dapat menerangi seluruh bagian rumah tanpa harus menyalakan lampu di siang hari.

Selain itu, banyaknya ventilasi juga akan memperlancar sirkulasi udara di dalam rumah sehingga Anda dapat meminimalisasi penggunaan pendingin ruang. Taman atau tanaman di rumah juga dapat membuat udara jadi lebih sejuk.

2. Tentukan Daya Listrik Sesuai Kebutuhan

Tentukan besaran daya listrik sesuai kebutuhan Anda. Hal ini dapat menjadi langkah awal menekan biaya. Untuk informasi, terdapat 17 golongan tarif dasar listrik yang ditetapkan PLN. Golongan tarif ini nantinya akan menentukan biaya pemakaian dan biaya beban.

Biaya pemakaian dihitung berdasarkan selisih angka yang tertera pada meteran listrik. Sementara biaya beban merupakan biaya tetap yang harus dibayar setiap bulan untuk setiap 1.000 watt listrik yang tersambung.

Dipakai ataupun tidak, besarnya biaya beban tak akan berubah. Karena itu, penting bagi kita untuk pandai menghitung daya listrik yang dibutuhkan.

3. Ubah Kebiasaan Boros

Tanpa disadari kita sering melakukan pemborosan listrik, misalnya menyalakan televisi saat tidur, menyalakan lampu kamar mandi saat tidak terpakai, atau menyalakan AC padahal ruangannya kosong. Mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut.

Sebaiknya, gunakan listrik pada perangkat hanya saat akan digunakan. Selain itu, biasakan mencabut kabel listrik dari stop kontaknya saat tidak digunakan. Kabel yang terus tertancap pada stop kontak, meski perangkat tidak digunakan, akan tetap menyerap daya listrik yang membuat tagihan listrik terus berjalan.

(Simak juga: Pilihan rumah dengan spesifikasi terbaik mulai harga Rp300 jutaan)

Perlu diketahui, mencabut kabel dari stop kontak dapat menghemat hingga 30 persen biaya listrik.

4. Pilih Perabot Hemat Listrik

Untuk menekan bujet tagihan listrik bulanan, gunakan produk-produk elektronik yang mendukung penghematan listrik. Saat ini sudah banyak sekali produk-produk elektronik yang menawarkan fitur hemat listrik, misalnya TV LED, bohlam LED, AC hemat energi. Solusi lain, Anda dapat memilih peralatan elektronik yang berdaya lebih kecil.

5. Pasang Alat Penghemat Listrik

Gunakan alat penghemat listrik atau energy saver di rumah Anda. Penggunaan alat ini dapat menekan biaya pemakaian listrik hingga 40 persen. Alat ini sudah banyak beredar di pasaran. Bentuknya berupa kapasitor mini yang berfungsi menekan jumlah arus boros pada setiap peralatan listrik yang terpasang.

6. Hidup Manual

Untuk lebih berhemat, sesekali lakukan pekerjaan secara manual. Ada beberapa aktivitas rumah tangga yang biasa dilakukan menggunakan mesin namun dapat juga dikerjakan secara manual.

Misalnya mencuci baju menggunakan tangan saja dan mengeringkannya dengan cara memeras, membuat sambal dengan mengulek, atau menanak nasi cara tradisional tanpa rice cooker.

 

Dian Probowati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insentif Mobil Listrik Untungkan Orang Kaya

Posted: 19 Jul 2017 09:16 PM PDT

Tak lama lagi Indonesia akan memasuki era mobil listrik. Hal ini tak lain karena pemerintah memberikan lampu hijau dan tengah membuat draft aturan pengembangan mobil listrik.

Menanggapi hal tersebut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johannes Nangoi angkat bicara.

Meski para pelaku akan ikut aturan main terkait kebijakan dari pemerintah, namun ia menilai,  jika mobil listrik disetujui, maka pemerintah akan memberikan insetif pajak.

"Kalau enggak ada kebijakan fiskal, maka pajak itu akan mahal. Tapi saya juga tahu, kalau diberikan insentif kebijakan fiskal mobil mewah listrik harganya jadi diturunin. Nanti orang bilang 'waduh pemerintah memihak orang kaya (yang membeli mobil listrik) dikasih spesial, yang ini (mobil lain) enggak dikasih spesial'," ungkap Johannes saat ditemui di hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (19/7).

Meski begitu, Johannes mengaku, saat ini para pelaku industri otomotif di Indonesia siap untuk membuat mobil listrik bahkan telah dapat diproduksi oleh semua merek otomotif.

"Tapi permasalahannya adalah pengisian-pengisian (baterai), aturan main, perpajakan, kebijakan fiskal terlebih dahulu bisa diberesin," ungkapnya.

Nasib Euro4

Kendati begitu, Johannes menyatakan, persiapan yang saat ini cukup matang di depan mata dan dapat diterapkan oleh industri otomotif yaitu terkait aturan standar Euro4.

"Euro4 kita jalanin dulu dengan benar, jangan bohong-bohongan. Kalau bohong-bohongan nanti mobil sudah Euro4, BBM-nya belum Euro4, jad problem di lapangan. Hybrid bagus sebenarnya, nah itu dikasih kebijaksanaan lah," tuturnya.

"Jadi kami tingal tunggu kebijakan pemerintah saja karena kami pelaku bisnis," tambahnya.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Madrasah Indonesia Cetak Prestasi Lomba Robotik Internasional

Posted: 19 Jul 2017 09:16 PM PDT

Tim Robotik Madrasah Aliyah TechoNatura, Depok, Jawa Barat mencetak prestasi di ajang kompetisi robotik internasional tingkat SMA, First Global Challenge 2017 di ibukota Amerika, Washington DC. Mereka merebut medali perak di kategori Inovasi Teknik Terbaik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen dan Jadwal Grup H Kualifikasi Piala AFC U-23

Posted: 19 Jul 2017 09:15 PM PDT

Timnas Indonesia harus merana di posisi buncit klasemen Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23. Kekalahan telak 0-3 dari Malaysia menjadi penyebabnya.

Ya, tanpa diduga, Evan Dimas dan kawan-kawan  dibekuk di laga perdana. Tiga gol Harimau Malaya dilesakkan Muhammad Syafiq Ahmad, Muhammad Jafri dan Thanabalan Nadarajah.

Bagi timnas Indonesia U-22, kekalahan ini membuat langkah mereka lolos sangat berat. Pasalnya mereka harus menang dalam dua laga selanjutnya melawan Mongolia dan Thailand.

Pada laga kedua Grup H mempertemukan Mongolia dan Thailand. Secara mengejutkan, Mongolia sanggup menahan Thailand dengan skor 1-1.

Thailand sempat unggul dulu melalui striker Chaiyawat pada menit ke-17. Namun, Mongolia sukses membalas melalui penalti Tuguldur Munkh-Erdene pada menit terakhir. *

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Tim              Main   Menang  Seri    Kalah   Selisih Gol    Poin
1. Malaysia        1        1          0        0                  3-0            3
2. Thailand         1        0        1         0                  1-1            1
3. Mongolia        1        0         1        0                  1-1           1
4. Indonesia      1         0         0       0                   0-3          0

Jumat (21/7/2017):
Indonesia Vs Mongolia
Thailand Vs Malaysia

Minggu (23/7/2017)
Indonesia Vs Thailand
Mongolia Vs Malaysia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: