Senin, 03 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sri Mulyani Cs Rapat soal Freeport, Ini Hasilnya

Posted: 03 Jul 2017 10:06 PM PDT

Pemerintah menggelar rapat koordinasi mengenai proses negosiasi PT Freeport Indonesia. Rapat tersebut dihadiri menteri-menteri terkait yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di kantor Kementerian Keuangan.

Dari pantauan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (4/7/2017), selain Darmin Nasution, hadir pula Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Adapula Direktur Jenderal (Dirjen) Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono, Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, serta pejabat Eselon I dan II kementerian terkait.

Menteri ESDM Ignasius Jonan enggan berkomentar banyak mengenai perpanjangan operasi Freeport di Indonesia. Pemerintah memberikan perpanjangan operasi secara bertahap 2 kali 10 tahun. Itu artinya, selama 20 tahun dibagi dalam 2 tahap, yakni tahap pertama 2021-2031 dan tahap kedua 2031-2041.

"Perpanjangan kan bisa 2 kali 10 tahun. Dievaluasi di 2031 karena tujuannya kan itu," ujar Jonan.

Saat ini, Freeport menggali tambang emas di Mimika, Papua dengan status Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Sementara hingga Oktober 2017. Setelah itu, perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut memiliki dua pilihan, yakni apakah berstatus Kontrak Karya atau IUPK Permanen.

Apabila memilih IUPK, Freeport harus mengikuti aturan pajak berubah-ubah (prevailing) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017. Sementara anak usaha Freeport McMoran ini menginginkan IUPK dengan skema pajak tetap atau naildown, kepastian perpanjangan operasi hingga 2041.

"Kalau untuk fiskalnya (pajak), itu tanya ke Bu Sri Mulyani," ucap Jonan.

Di tempat yang sama, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan, pemerintah membahas seluruh proses negosiasi dengan Freeport Indonesia, seperti divestasi, kewajiban membangun smelter, maupun perpanjangan operasi.

"Nanti 2 minggu lagi kita rapat lagi," ujarnya.

Deputi Bidang Industri Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno menjelaskan, perpanjangan operasi Freeport harus sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, yakni 2 kali 10 tahun. Nantinya perpanjangan operasi sampai 2031, kemudian dievaluasi lagi hingga 2041.

"Iya seperti itu (evaluasi). Kalau dia pakai rezim IUPK maka pakai prevailing. Tapi kan dia ingin naildown, nanti diomongin lagi, belum disepakati, kita akan rundingkan lagi," cetusnya.

Sedangkan untuk kewajiban membangun smelter dan divestasi saham 51 persen, harus dilakukan Freeport. "Kalau smelter harus, dalam 5 tahun ke depan. Juga untuk divestasinya wajib, 51 persen tidak bisa ditawar," pungkas Fajar.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Remaja 16 Tahun Nikahi Nenek 71 Tahun Usai Ancam Bunuh Diri

Posted: 03 Jul 2017 10:01 PM PDT

Pernikahan beda usia yang jauh kembali terjadi. Kali ini terjadi di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel). Pasangan pengantin baru ini terpaut usia cukup jauh yaitu 55 tahun.

Pengantin laki-laki yang bernama Selamet Riyadi baru menginjak usia 16 tahun, sedangkan mempelai wanita bernama Rohaya sudah berusia 71 tahun.

Pernikahan yang cukup menghebohkan ini terjadi pada Minggu, 2 Juli 2017 lalu. Resepsi sederhana dilakukan di kediaman pengantin laki-laki di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU Sumsel.

Menurut Cik Ani, Kepala Desa Karang Endah, sebelum sah menjadi suami istri, keluarga mempelai laki-laki menolak pernikahan tersebut. Selain karena beda usia yang cukup jauh, Selamet dinilai masih belum bisa siap untuk membangun rumah tangga.

Karena restu tidak kunjung didapatkan, Selamet dan Rohaya malah nekat akan bunuh diri dengan menenggak racun rumput.

"Ya, mereka nekat mau bunuh diri jika tidak diizinkan menikah," ujarnya kepada Liputan6.com, Selasa (4/7/2017).

Mendengar laporan dari warga, Cik Ani langsung mendatangi kediaman kedua mempelai. Setelah melakukan kompromi keluarga, akhirnya pasangan tersebut disetujui untuk menikah.

Prosesi akad nikah yang digelar cukup khidmat. Mas kawin yang diberikan Selamet Riyadi ke sang istri yaitu berupa uang tunai sebesar Rp 200.000. Para keluarga dari kedua mempelai pun hadir dalam acara tersebut.

Sontak kabar ini menjadi viral di media sosial (medsos). Seperti dilansir di akun Instagram @plglipp yang mengunggah pernikahan beda usia ini, banyak para warganet yang memberikan komentar.

Akun Instagram @kya_kasdno membenarkan bahwa pernikahan tersebut terjadi di Kabupaten OKU Sumsel.

"Bener min tapi karan endah baturajo, bukan yang deket gelombang indralaya," tulisnya.

Kendati banyak komentar negatif, namun akun @lianbrisyc14 menuliskan komentar yang berbeda dalam bahasa Palembang)

"Dak pacak (tidak bisa), Yang namonyo jodoh dak biso di tebak.. Itu rahasia tuhan galo (semua)," tulisnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takjub, Proses Non Bedah Ini Bikin Pria Botak Miliki Rambut Keren

Posted: 03 Jul 2017 10:00 PM PDT

Banyak pria memiliki masalah pada rambut rontok hingga menyebabkan kebotakan. Kondisi tersebut tentunya akan membuat mereka kurang percaya diri. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut biasanya para pria akan menutupinya dengan mengenakan wig.

Namun, kini para pria botak tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut jika mereka memanfaatkan sistem non bedah yang disebut hair replacement ini.

Penggantian rambut itu akan membuat pria dengan rambut rontok bisa kembali bergaya dengan rambut normal yang terlihat alami. Proses penggantian rambut itu bahkan sangat cepat, tanpa rasa sakit dan sepenuhnya aman.

Dilansir Elitereaders, Selasa (4/7/2017), dalam video yang diunggah MH2GO menunjukkan seorang pria bernama Sam tengah mencoba melakukan proses penggantian rambutnya yang rontok di bagian depan.

Perhatikan bagaimana Sam berubah sehingga penampilannya kini lebih menarik dan terlihat muda setelah mengganti rambut.

Jika kamu melakukan proses tersebut, kamu juga tak perlu melepaskan rambut palsu itu layaknya wig karena kamu bisa memakainnya ketika olahraga, berenang dan mandi tanpa perlu khawatir akan terlepas. Tertarik mencoba?

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyesalan Striker Swedia di MU

Posted: 03 Jul 2017 10:00 PM PDT

Zlatan Ibrahimovic bukan satu-satunya striker asal Swedia dengan karier pendek di Manchester United (MU). Henrik Larsson juga mengalaminya satu dekade lalu.

Larsson tiba di Old Trafford pada Januari 2017 dengan status pinjaman dari Helsingborg. Namun, dia hanya membela MU selama tiga bulan.

"Seharusnya saya tinggal lebih lama. Dengan begitu, saya akan meraih medali juara Liga Inggris," kata Larsson, dilansir FourFourTwo. "Itulah satu-satunya penyesalan dalam karier saya."

Larsson membela MU di 13 laga dan mencetak dua gol, salah satunya pada debut di Piala FA melawan Aston Villa. Setelah dia pulang ke Swedia, The Red Devils menduduki takhta Inggris, masuk final Piala FA, plus menembus semifinal Liga Champions.

"MU sangat profesional. Mereka memperhatikan betul para pemain. Namun, saya saya terikat kontrak di Helsingborg. Saya mesti menghormatinya," tutur Larsson.

Staf kepelatihan turut terkesan dengan kinerja mantan pemain Glasgow Celtic tersebut. Namun, mereka gagal meyakinkan Larsson untuk tinggal.

"Larsson fantastis. Semua sempurna. Sayangnya dia tidak bisa menetap lebih lama," kata pelatih MU ketika itu, Sir Alex Ferguson.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lelang Dokumen Rencana Penerbangan Apollo 13

Posted: 03 Jul 2017 10:00 PM PDT

Apollo 11 merupakan salah satu tonggak penting eksplorasi manusia, sedangkan Apollo 13 menjadi salah satu eksplorasi paling dramatis.

Rencana penerbangan (flight plan) yang dipakai dalam Modul Komando Apollo 13 bukan hanya menjadi hiasan, tapi memainkan peran utama dalam drama seputar misi wahana tersebut.

Balai lelang Sotheby sedang dalam proses menjual rencana penerbangan yang dimaksud. Binder berisi rencana penerbangan itu bukan hanya berisi instruksi bagi para awak, tapi juga catatan-catatan yang dipakai oleh para astronot ketika berjuang mempertahankan hidup ketika kembali ke Bumi setelah wahana mereka mengalami kerusakan.

Apollo 13 diluncurkan pada 11 April 1970 sebagai misi ke tujuh Apollo berawak sekaligus pendaratan berencana ke-3 di permukaan Bulan.

Tapi pendaratan tidak pernah terjadi karena, ketika sedang dalam perjalanan ke bulan pada 17 April, terjadi ledakan pada salah satu tabung oksigen kryogenik yang melumpuhkan Modul Layanan. Tabung itu berperan sebagai propulsi dan sistem pendukung utama Modul Komando "Odyssey."

Tanpa daya listrik, dukungan kehidupan, ataupun mesin utama, misi itu dibatalkan dan Komandan Jim Lovell, Pilot Modul Komando Jack Swigert, serta Pilot Modul Bulan Fred Haise bekerja keras tiada henti bersama dengan para insinyur NASA untuk mengubah Modul Bulan "Aquarius" menjadi sekoci penyelamat penyedia udara dan kehangatan.

Semua itu dilakukan sambil menggunakan mesin pendaratan untuk memperbaiki arah agar berayun mengelilingi sisi jauh Bulan dan kembali ke Bumi.

Seperti dikutip dari New Atlas pada Selasa (4/7/2017), bukan hanya sekali kisah luar biasa itu telah diadaptasi menjadi cerita film.

(Sumber Sotheby's)

Tapi, tidak seperti yang dikisahkan dalam film "Apollo 13" garapan Ron Howard, rencana penerbangan saat itu sebenarnya tetap ada hingga misi selesai dan ditandatangani oleh awaknya sebelum diserahkan kepada Turnage Robert "Bob" Lindsey, Pimpinan Perencana Penerbangan untuk Apollo 13.

Rencana penerbangan itu bukan hanya berisi perincian perintah bagi para awak sebagaimana yang direncanakan sebelum peluncuran, tapi juga catatan-catatan dengan pensil yang dituliskan oleh 3 astronot ketika mereka bekerja dengan pengendali misi untuk memecahkan masalah-masalah.

Masalah yang dimaksud mencakup penjatahan air, memastikan udara bisa layak dihirup, menghitung lintasan pulang, dan bahkan caranya memisahkan Modul Komando dan Pendarat tanpa memakai pendorong yang ada pada Modul Layanan.

Selain itu, dokumen juga berisi serangkaian karikatur para astronot yang digambar oleh seniman Barbara Matelski di Johnson Space Center.

Karikatur itu disisipkan diam-diam sebagai hiburan, termasuk karikatur tentang penggantian Pilot Modul Komando Ken Mattingly yang diganti pada saat terakhir karena terpapar campak.

(Sumber Sotheby's)

Menurut balai lelang Sotheby's, rencana penerbangan itu sekarang bisa dijual setelah ada perubahan peraturan Amerika Serikat (AS) pada 2012 sehingga memungkinkan penerima dokumen-dokumen seperti itu untuk menjualnya tanpa klaim kepemilikan sebelumnya oleh pemerintah AS.

Lelang akan berlangsung pada 20 Juli dan diduga akan laku antara US$ 30 ribu hingga 40 ribu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facial Kotoran Burung, Perawatan Cantik Victoria Beckham

Posted: 03 Jul 2017 10:00 PM PDT

Para selebriti tentunya ingin selalu terlihat cantik, menarik, dan menawan di mata masyarakat. Sehingga mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan beragam perawatan.

Namun, sejumlah selebritis di bawah ini melakukan perawatan kecantikan yang tak biasa. Tak biasa dari segi harga dan jenis perawatan itu sendiri.

Berikut perawatan paling aneh yang dilakukan oleh selebritis Hollywood seperti dikutip dari situs Goodhousekeeping pada Selasa (4/7/2017)

1. Melapisi wajah dengan kotoran burung bulbul

Setelah bepergian ke Jepang dan mengagumi kulit wanita Jepang, Victoria Beckham menjalani dan memanfaatkan tradisi Jepang kuno untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus dengan cara diinfus dengan kotoran burung.

Bahan yang tidak enak tersebut sebenarnya adalah bubuk kotoran burung bulbul yang digunakan Geisha untuk mencerahkan, menghaluskan, dan menenangkan kulit.

2. Berkeringat di sauna dengan teknologi inframerah

Sauna inframerah, yang menggunakan lampu elektromagnetik, dapat membersihkan kulit wajah tanpa meninggalkan noda sedikit pun. Artis sekaliber Jennifer Aniston cukup sering mencobanya, dan hasilnya sangat tak pernah mengecewakan.

"Selain itu sauna inframerah juga dapat meremajakan kulit dan detoksifikasi," kata Jennifer kepada majalah Forbes

Bahkan, kata dia, perawatan kecantikan ini dapat membantu para wanita menurunkan berat badan dan relaksasi.

3. Minum air satu liter setiap hari

Gabrielle Union, pemain film She's All That dan 10 Things I Hate About You, mulai membiasakan minum air putih sebanyak satu liter setiap hari saat memasuki usia 30. 

Menurut Gabrielle, rajin minum air putih dapat mencegah kulit kering. Dia pun mulai minum segelas air putih saat bangun tidur, dan diakhiri sebelum dia tidur.

4. Membersihkan wajah dengan darah sendiri

Kim Kardashian tidak akan berhenti untuk melakukan perawatan kecantikan. Perawatan yang paling terkenal dari semua perawatan yang pernah dia coba adalah Vampire Facial.

Dengan melakukan perawatan menggunakan darah sendiri ini, Kim berhasil mendapatkan kulit yang lebih kenyal.

5. Memasukkan wajah ke dalam air es

"Jika saya bangun dan wajah terlihat lelah dan bengkak, saya mengisi wastafel dengan es dan mentimun, lalu saya akan menenggelamkan wajah saya," kata Kate Moss dalam sebuah wawancara dengan Stylist.

Kebiasaan ini dia lakukan untuk membuktikan bahwa air es dapat memperbaiki warna kulit dan mengecilkan pori-pori.

6. Membiarkan lebah menyengat dirinya

Gwyneth Paltrow tidak pernah malu dengan rejimen kecantikannya yang tidak teratur. Eksperimennya untuk wajah adalah dengan membiarkan lebah menyengatnya.

"Ini adalah perawatan ribuan tahun yang disebut apitherapy," kata Paltrow kepada The New York Times

Reporter: Michelle Tania

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Gotik Menyesal Tak Mendampingi Jupe Saat Meninggal Dunia

Posted: 03 Jul 2017 10:00 PM PDT

Zaskia Gotik masih berduka atas kepergian Julia Perez. Sebagai sahabat, pemilik Goyang Itik itu juga menyimpan penyesalan yang sangat mendalam lantaran tak bisa berada di samping Julia Perez saat pelantun "Aku Rapopo" itu mengembuskan nafas terakhir.

Terlebih, ia telah berjanji ingin menjenguk Jupe di rumah sakit bila tidak sibuk bekerja. Namun, Tuhan berkata lain. Belum sempat menjenguk, Jupe telah menutup mata untuk selama-lamanya.

"Waktu itu Jupe nanyain aku sama Ayu pas di rumah sakit. Aku janji sama dia (Jupe) bakal jenguk kalau ada jadwal kosong mau ke sana. Belum ada jadwal kosong Jupe sudah meninggal," ujar Zaskia Gotik sembari menangis saat ditemui di Studio 5 Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (3/7/2017) malam.

Hingga kini, bayang-bayang penyesalan masih menghantui Zaskia Gotik, lantaran tak bisa berada di samping Jupe di pengujung hidup aktris Gending Sriwijaya ini. Ia merasa sangat kehilangan wanita yang selama ini menjadi panutannya.

"Kehilangan banget dia, ada yang hilang kayaknya," ujar Zaskia.

Buat pelantun "Bang Jono" tersebut, sosok Jupe adalah wanita yang sangat kuat dan tangguh. Selain itu, Jupe selalu menyemangati Zaskia Gotik saat dirinya tengah terpuruk atau galau karena suatu masalah.

"Dia (Jupe) wanita hebat. Dia selalu menjadi penyemangat Eneng kalau ada masalah," ujar Zaskia Gotik.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rambut Pendek Kate Middleton Curi Perhatian

Posted: 03 Jul 2017 10:00 PM PDT

Kate Middleton selalu menjadi inspirasi banyak wanita dalam penampilannya. Mulai dari busana, makeup, hingga tatanan rambut. Baru-baru ini, istri dari pangeran William ini kembali mencuri perhatian dengan potongan rambut barunya. Kate terlihat memukau dengan rambut pendek sebahu dengan potongan bob.

Potongan rambut barunya terlihat lebih pendek dari sebelumnya. Perubahan penampilan ini membuat Kate Middleton terlihat lebih segar. Rambutnya yang panjang bergelombang, kini terlihat sebahu masih dengan gelombang sebagai ciri khasnya.

Kate Middleton terlihat cantik saat hadir di Wimbledon memamerkan rambut barunya untuk pertama kali. Kate menggunakan gaun polkadot berwarna hitam dan putih dari Dolce & Gabbana. Rambut pendek bergelombang ibu pangeran George dan putri charlote ini tergerai indah semakin mencuri perhatian.

Bagi Anda yang ingin tampil lebih segar tidak ada salahnya untuk mencoba potongan rambut pendek sebahu ala Kate Middleton ini. Anda dapat memadukannya dengan riasan natural dan busana berwarna cerah untuk memberikan kesan yang lebih manis.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

300 Aplikasi di Google Play Gunakan Smartphone untuk Klik Iklan

Posted: 03 Jul 2017 10:00 PM PDT

Belakangan ini ratusan aplikasi di Google Play Store dikabarkan terinfeksi virus dan berbagai jenis malware yang diam-diam mencuri data pribadi milik penggunanya. Kali ini sebuah kasus berbeda ditemukan oleh agensi pendeteksi kecurangan iklan, eZanga.

Penelitian eZanga mengungkap ada ratusan aplikasi di Google Play Store yang memanfaatkan ponsel untuk berbuat curang, yakni mengeklik iklan demi keuntungan.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Phone Arena, Selasa (4/7/2017), cara kerja aplikasi ini sebenarnya sangat mudah. Aplikasi yang terinfeksi terus menerus menampilkan iklan dan mengklaim pengguna telah mengeklik iklan tersebut. Selanjutnya, keuntungan pun akan didapatkan oleh si penipu.

Hal ini memang bukan masalah besar, tetapi pemilik smartphone bisa merasakan kerugian langsung yakni baterai smartphone menjadi boros serta kuota data lebih cepat habis. Tak hanya itu, apa yang dilakukan aplikasi tersebut juga berpotensi membuat entry level smartphone mudah mengalami lag alias lemot.

Sekadar informasi, dalam penelitian eZanga, sebuah aplikasi yang didiamkan selama sehari semalam bisa menampilkan 3.000 iklan dan mengklik sebanyak 169 iklan. Hal paling mengejutkan, ada lebih dari 300 aplikasi yang terinfeksi malware  tersebut dengan jumlah pemasangan antara 4-14 juta kali. Menurut eZanga, beberapa jenis aplikasi yang terinfeksi malware semacam ini adalah aplikasi live wallpaper dan aplikasi utilitas.

Para peneliti eZanga menyebut, beberapa developer yang aplikasinya terinfeksi malware ini di antaranya adalah Attunable, Classywall, Firamo, FlameryHot, NeonApp, Goopolo, Litvinka Co, Livelypapir, Tuneatpa Personalization, Waterflo, X Soft, dan Zheka.

Para peneliti juga segera menginformasikan hal ini kepada Google. Peneliti memperkirakan, sistem pendeteksi malware yang ada di Google Play kurang bekerja maksimal dalam mengenali malware pada berbagai aplikasi.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pansus: Demi Angket KPK Lancar, Kami Temui Beberapa Lembaga

Posted: 03 Jul 2017 09:47 PM PDT

Panitia Khusus (Pansus) Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) DPR mendatangi Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, guna meminta data-data yang berkaitan dengan KPK.

Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan, pihaknya memang menggandeng beberapa lembaga negara untuk kelancaran Pansus Angket KPK.

"Kita kan menghargai sesama lembaga negara, Pansus Angket KPK ini harus meminta data-data (KPK). Nah tujuan kita ke BPK untuk itu meminta data," kata Agun saat dihubungi Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (4/6/2017).

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, tidak seluruhnya nanti anggota Pansus Angket KPK ikut mendatangi BPK.

"Kita mengundang seluruh anggota, tapi sebagian masih berada di daerah," ujar dia.

Sementara, Wakil Ketua Pansus Angket KPK, Risa Mariska, menambahkan, pihaknya menyambangi BPK guna meminta hasil audit lembaga antirasuah tersebut.

"Kita akan meminta laporan (BPK) hasil audit terhadap KPK," ucap Risa.

Politikus PDI Perjuangan ini memastikan, Pansus Angket KPK hanya fokus terhadap audit BPK terhadap KPK.

"Iya yang berkaitan dengan KPK saja, kita fokus di situ," kata Risa.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Penumpang Arus Balik Bandara Adisutjipto Pecahkan Rekor

Posted: 03 Jul 2017 09:47 PM PDT

Jumlah penumpang pesawat di Bandara Adisutjipto pada puncak arus balik Lebaran 2017 atau H+6, memecahkan rekor sepanjang keberadaan bandara yang berlokasi di Yogyakarta tersebut.

Adapun total pertumbuhan penumpang di bandara ini, sejak H-10 sampai H+6, naik 12 persen mencapai 444.020 dengan 3.288 pergerakan pesawat.

"Biasanya hanya ada di kisaran 20 ribu sampai 25 ribu penumpang per hari saat musim liburan, tetapi pada puncak arus balik luar biasa," ujar General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adisutjipto Pandu Agus Purnama di Yogyakarta, Selasa (4/7/2017).

Menurut Pandu, moda transportasi angkutan udara menempati peringkat pertama karena pertumbuhannya lebih tinggi daripada  moda transportasi lainnya. AP I pun tetap mengoptimalkan pelayanan melalui Posko Angkutan Udara Lebaran 2017.

"Posko terpadu berakhir, tetapi AP I akan tetap melaksanakan posko angkutan Lebaran sampai 11 Juli 2017 yang melibatkan personel internal," dia menjelaskan.

Ia berpendapat posko angkutan udara di Bandara Adisutjipto masih diperlukan, karena musim liburan sekolah belum berakhir. Bahkan, sampai dengan Senin, 3 Juli 2017 jumlah penumpang masih relatif tinggi, yakni mencapai 25.300 orang.

Pandu menambahkan on time performance pesawat di Bandara Adisutjipto berkisar 50 persen. Artinya separuh penerbangan di bandara ini pasti tertunda.

"Namun bukan delayed yang lama karena hanya menunggu jatah terbang mengingat parking stand hanya cukup untuk delapan pesawat saja," tuturnya. 

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Peluang Madura United dan Bhayangkara ke Puncak

Posted: 03 Jul 2017 09:45 PM PDT

Liga 1 2017 telah memasuki pekan ke-12. Hari ini, Selasa, 4 Juli 2017, ada tiga pertandingan yang bakal digelar. Madura United dan Bhayangkara FC berpeluang menggusur PSM Makassar di puncak klasemen Liga 1.

Madura United bakal menghadapi Borneo FC di Stadion Segiri, Selasa sore WIB. Bertandang ke markas lawan, Madura United punya modal tiga kemenangan beruntun.

Sedangkan Borneo FC menelan kekalahan 0-1 di laga terakhirnya melawan PSM. Kemenangan bisa membuat Madura United memuncaki klasemen Liga 1 dengan poin 25.

Sementara, Bhayangkara FC akan menjamu Barito Putera di Stadion Patriot, Bekasi. Bhayangkara FC bisa memuncaki klasemen bila Madura United tersungkur di Stadion Segiri.

Laga tak kalah seru bakal berlangsung di Stadion Tridarma. Tim papan bawah dalam klasemen Liga 1, Gresik United akan menghadapi Persija Jakarta.

Klasemen Liga 1 (liga-indonesia.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masalah Selesai, Sang Ulama Minta Egi John Nikmati Bulan Madu

Posted: 03 Jul 2017 09:40 PM PDT

Kebahagiaan Egi John dan Kamilia Yasmin usai menikah agak sedikit terganggu. Baru dua hari menjadi suami istri, keduanya tersandung masalah yang melibatkan seorang ulama bernama Al Ustaz Abdul Hakim.

Egi John akhirnya resmi melepas status duda dan menikah untuk kedua kalinya dengan wanita bercadar bernama Kamilia Yasmin dengan mas kawin cincin seberat 10 gram 24 karat.

Sang ulama kabarnya merasa keberatan lantaran wajahnya ikut terpampang di sejumlah foto pernikahan Egi John dan Kamilia Yasmin. Sebagai figur publik, momen pernikahan Egi John sudah pasti menjadi sorotan media.

Sebuah akun dakwah @akhawat_aljakarty meminta foto-foto yang menampilkan sosok Al Ustaz Abdul Hakim untuk segera dihapus. Egi John juga kabarnya wajib meminta maaf kepada sang ulama.

"Tolong buat sebagian ikhwah yang sudah memposting moment pernikahan egi john kemarin, dimana disana terdapat foto al Ustadz Abdul Hakim lebih baik segera di hapus sekarang juga," katanya.

Egi John usai mengisi acara di kawasan Kapten Tendean, Jakarta, Kamis (15/9). Egi John mengaku kecewa karena dirinya sudah diselingkuhi oleh mantan istri Ben Kasyafani tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Namun, tak lama kemudian, akun tersebut menyampaikan pesan yang berisi klarifikasi dari Al Ustaz Abdul Hakim. Mereka menyatakan bahwa Al Ustaz tidak pernah menyuruh menghapus foto-foto tersebut.

"Barusan saya dapet wa dari istri Ustadz Abdul Hakim Abdat, bahwa itu semua bukan perintah dan perkataan beilau yg menyuruh menghapus foto2 tersebut. Itu berita bohong ya..." paparnya.

Baru menikah, Egi John sudah tersandung masalah dengan seorang ustaz.

Egi John sendiri sudah mengonfirmasi langsung kepada Al Ustaz Abdul Hakim perihal kabar ini. Lucunya, sang ustaz justru menyuruh Egi dan Kamilia Yasmin menikmati momen bulan madu mereka.

"Beliau juga menasehati ahsannya memang jangan suka upload foto siapapun tanpa izin. Beliau malah menyuruh nikmati saja bulan madu kalian Yaa. Sudah tidak ada yang perlu dikhawatirkan," jelas Egi Jhon.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Burung Gagak Liar di Jepang Mau Patuhi Rambu Larangan, Kamu?

Posted: 03 Jul 2017 09:32 PM PDT

Film-film Hollywood kerap menggambarkan gagak sebagai makhluk bodoh yang bahkan tidak tahu kalau orang-orangan sawah hanyalah boneka. Namun, film Hollywood sepenuhnya salah! Justru gagak adalah salah satu unggas paling cerdas yang pernah diciptakan.

Burung gagak di Perfektur Iwate, Jepang, mampu membaca dan mengenali rambu larangan. Rambu yang dipasang oleh Katsufumi Sato, profesor asal Universitas Otsuchi, itu berbunyi "Gagak Dilarang Masuk," yang ditempel di dinding sebuah bangunan tua, tak jauh dari rumahnya.

Sato mengaku geram dengan ulah para gagak yang kerap memorak-porandakan tanaman di sekitar bangunan tua itu. Lain itu, kotoran gagak yang berjibun menimbulkan bau tak sedap.

"Seorang teman menyarankan kepada saya untuk menggantung rambu-rambu larangan masuk," ujarnya sebagaimana dilansir Oddity Central.

Awalnya, Sato mengira bahwa usahanya ini adalah hal bodoh, tapi cara itu rupanya cukup ampuh. Rombongan gagak yang menyerbu bangunan tua itu makin berkurang. Lama-lama hanya tinggal satu-dua ekor saja, bahkan tidak sama sekali.

Tanpa menempuh jalan kekerasan, Sato mampu mengusir gagak-gagak tersebut. Ia meyakini bahwa gagak adalah burung yang cerdas.

"Mereka juga bisa menunjukkan rasa syukur," tuturnya.

Lalu, jika burung gagak saja mau menaati rambu larangan, bagaimana denganmu?

(war)

Penulis:

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Olly Dondokambey dan Ganjar Pranowo Terkait E-KTP

Posted: 03 Jul 2017 09:31 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menelusuri aliran dana korupsi e-KTP yang diduga dinikmati oleh para anggota DPR dan para politikus lainnya.

Penyidik pun memeriksa Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Mereka akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka AA (Andi Agustinus) dalam tindak pidana korupsi pengadaan kartu tanda penduduk berbasis nasional," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (4/7/2017).

Selain Olly dan Ganjar, KPK juga memanggil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini, mantan anggota Komisi II DPR Nu'man Abdul Hakim yang berasal dari Fraksi PPP, dan Abdul Malik Haramain, anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketiganya akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas perkara Andi Agustinus, alias Andi Narogong.

Olly Dondokambey akan diperiksa sebagai mantan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR. Politikus PDI Perjuangan itu disebut menerima uang US$ 1,2 juta dalam dakwaan perkara e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto.

Sementara Ganjar Pranowo, disebut menerima sejumlah US$ 520 ribu. Ganjar maupun Olly sama-sama membantah menerima uang tersebut.

Dalam perkara ini, KPK sudah mendakwa Irman dan Sugiharto merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. Terangka ketiga yang dijerat oleh KPK adalah Andi Agustinus, alias Andi Narogong. Andi diduga sebagai otak bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun.

KPK juga menetapkan politikus Partai Hanura Miryam S Haryani sebagai tersangka pemberi keterangan palsu. Markus Nari pun ikut ditetapkan sebagai tersangka menghalangi proses penyidikan dan persidangan perkara e-KTP.


Saksikan video di bawah ini:





This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasang Menara dan Instalasi Jaringan Kena Potongan Pajak?

Posted: 03 Jul 2017 09:30 PM PDT

Kepada Tim Konsultasi Pajak


Saya memiliki sejumlah pertanyaan perhitungan pajak. Ada soal perhitungan pajak misalkan dari pembelian komputer dari toko yang tidak memiliki nomor pokor pajak dan pemotongan pajak penghasilan. Berikut pertanyaannya:

1. Apabila belanja pada toko dengan ketentuan contoh harga komputer Rp 7 juta. Kata rekanan sudah termasuk PPN. Namun, rekanan atau toko tersebut tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bagaimana perhitungan pajaknya? Berapa tertulis di kuitansi atau bon pembelian?

2. Tim pelaksana kegiatan/TPK Pembangunan terdiri dari 7 orang. Menurut Perbup bisa menerima honor dan biaya operasional kegiatan paling banyak lima persen dari jumlah anggaran seluruh kegiatan. TPK terdiri dari orang-orang bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Apakah ada kewajiban bendahara memotong Pajak Penghasilannya?

3. Kantor kami melakukan kerja sama dalam pemasangan tower dan instalasi jaringan internet dan wifi. Apakah ada pajak jasa pemasangan yang harus bendahara potong dari penghasilan bruto pihak pemasang, dengan ketentuan pemasang adalah orang pribadi tanpa ada NPWP?


Terimakasih

 

kurniawanxxxx@gmail.com

 

Jawaban:

 


Yth. Sdr. M. Yusuf Kurniawan, S.H.,

1. Sebelum dikukuhkan menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP), Pihak Penjual tidak diperkenankan untuk menerbitkan Faktur Pajak dan juga tidak boleh mengenakan Pajak Pertambahan Nilai atas setiap penjualannya.

Toko yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dapat dipastikan yang bersangkutan juga belum dikukuhkan sebagai PKP sehingga seharusnya tidak boleh menerbitkan Faktur Pajak dan juga tidak boleh mengenakan PPN atas setiap penjualannya. Dengan demikian yang tercantum di bon atau kuitansi seharusnya adalah harga barang tanpa dikenakan PPN.

2. Honorarium yang dibayarkan oleh pihak Pemberi Penghasilan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) Dalam Negeri harus dikenakan pemotongan PPh Pasal 21 baik yang dibayarkan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun kepada non-PNS.

Honorarium yang dibayarkan kepada PNS dikenakan PPh Pasal 21 Final dengan tarif sebagaimana diatur dalam pasal 9 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 262/PMK.03/2010, sedangkan honorarium yang dibayarkan kepada non-PNS dikenakan PPh Pasal 21 Tidak Final atas imbalan kepada bukan pegawai dengan perhitungan sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 32/PJ/2015.

3. Pemasangan tower dan berikut instalasi jaringan internet dan wifi termasuk dalam kategori pekerjaan jasa pelaksanaan konstruksi yang harus dikenakan pemotongan Pajak Penghasilan yang bersifat final sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Dari Usaha Jasa Konstruksi sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2009.

Dalam hal orang pribadi yang melakukan pemasangan memiliki kualifikasi kecil berdasarkan sertifikat yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), maka atas penghasilan yang dibayarkan kepada yang bersangkutan dikenakan pemotongan dengan tarif sebesar 2 persen. Namun apabila hal yang bersangkutan tidak memiliki kualifikasi dari LPJK, maka atas penghasilan yang dibayarkan kepada yang bersangkutan dikenakan pemotongan dengan tarif 4 persen.

 



Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.



Salam,



Aldonius, S.E.
Konsultan Pajak – Citas Konsultan Global

 

 

Logo Citasco

 


www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertinggal di Klasemen MotoGP, Lorenzo Bertekad Kejar Poin

Posted: 03 Jul 2017 09:30 PM PDT

Paceklik kemenangan Jorge Lorenzo pada balapan musim ini belum berakhir. Akibatnya, pembalap Ducati ini harus rela berada di urutan ke-9 klasemen  MotoGP 2017

Lorenzo kembali gagal naik podium saat tampil di sirkuit Sachsenring, Minggu lalu. Mantan pembalap Movistar Yamaha itu hanya mampu finis di urutan ke-11 dengan catatan waktu 41 menit 25.184. Dengan mengemas 65 poin, Lorenzo masih tertinggal 64 poin dari pimpinan klasemen MotoGP 2017, Marc Marquez, dari Repsol Honda (129 poin). 

 

Ini tentu bukan pertanda yang bagus buat tim Ducati karena mereka mengharapkan hasil bagus dari juara dunia tiga kali di kelas utama MotoGP. Namun, Lorenzo hanya mampu memberikan posisi 11. Dia juga mengklaim pada dasarnya dia merasa puas lantaran mampu menyelamatkan poin di tengah masalah yang sedang dihadapinya.

Lorenzo lantas sesumbar bakal mengejar ketertinggalan poin di trek yang memiliki catatan positif buat dirinya. "Secara umum, kami menyimpan situasi yang sangat rumit di sini (Sachsenring) dan juga Assen. Bahkan saat saya kuat dengan Yamaha, saya selalu menderita di dua sirkuit ini," kata Lorenzo dilansir Motorsport, Selasa (4/7/2017).

Menurut dia, dengan Ducati dia berjuang lebih keras lagi. Namun Lorenzo bertekad bakal tampil lebih baik saat bertemu dengan sirkuit yang dia sukai. Pembalap yang dijuluki X-Fuera itu juga berharap tunggangannya bisa lebih kompetitif pada seri-seri berikutnya. 

"Saya pikir ketika trek yang bagus datang untuk saya, kami akan jauh lebih baik dan sementara itu kami menunggu penyempurnaan sasis, dan kami akan melihat apakah kami memiliki perubahan tentang aerodinamika," kata Lorenzo. 

Saya tahu ini hanya masalah waktu sebelum motor mulai memberikan perasaan yang baik dan saya dapat berjuang meraih kemenangan," ujar Lorenzo menambahkan.

Klasemen MotoGP 2017 selengkapnya, lihat di halaman berikutnya. (David Permana)

Saksikan juga video menarik lainnya:

1 Marc Marquez Repsol Honda Team:129
2 Maverick Vinales Movistar Yamaha MotoGP:124
3 Andrea Dovizioso Ducati Team:123
4 Valentino Rossi Movistar Yamaha MotoGP:119
5 Dani Pedrosa Repsol Honda Team:103
6 Johann Zarco Monster Yamaha Tech 3:84
7 Jonas Folger Monster Yamaha Tech 3: 71
8 Danilo Petrucci OCTO Pramac Racing: 66
9 Jorge Lorenzo Ducati Team: 65
10 Cal Crutchlow LCR Honda: 64
11 Alvaro Bautista Pull&Bear Aspar Team: 44
12 Jack Miller EG 0,0 Marc VDS : 41
13 Scott Redding OCTO Pramac Racing: 33
14 Aleix Espargaro Aprilia Racing Team Gresini :32
15 Loris Baz Reale Avintia Racing:31
16 Andrea Iannone Team SUZUKI ECSTAR:28
17 Tito Rabat EG 0,0 Marc VDS:23
18 Hector Barbera Reale Avintia Racing: 21
19 Karel Abraham Pull&Bear Aspar Team:20
20 Pol Espargaro Red Bull KTM Factory Racing:14
21 Bradley Smith Red Bull KTM Factory Racing:8
22 Aleix Rins Team SUZUKI ECSTAR:7
23 Michele Pirro Ducati Team:7
24 Sam Lowes Aprilia Racing Team Gresini: 2
25 Sylvain Guintoli Team Suzuki ECSTAR :1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stand Up Comedy Academy 3 Siap Digelar

Posted: 03 Jul 2017 09:30 PM PDT

Stand Up Comedy Academy atau disingkat SUCA, adalah salah satu ajang pencarian bakat gagasan Indosiar yang cukup sukses. Sesuai namanya, ajang ini mencari bibit-bibit baru di ranah pelawak tunggal. Masa depan cerah pun memayungi para jebolannya.

Tahun ini, ajang yang melahirkan banyak komika berbakat seperti Cemen, Musdalifah, Aci Resti, hingga Arafah Rianti tersebut akan memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya. SUCA 3 sendiri rencananya tayang pada Agustus 2017 mendatang.

Nama Arafah Rianti mulai dikenal saat gadis belia asal Depok itu menjadi salah satu kontestan Stand Up Comedy Academy 2 (SUCA) yang ditayangkan Indosiar. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Sebelum dimulai, SUCA 3 bakal menggelar audisi di beberapa kota. Para komika yang berminat mengikuti ajang ini bisa melakukan audisi di kota-kota yang sudah ditentukan. Kota mana sajakah? Berikut, kami turunkan daftar kota yang akan menggelar audisi SUCA 3.

Audisi pertama SUCA 3 akan dimulai di Bandung, bertempat di Grand Pasundan Convention pada 15 Juli 2017. Seminggu kemudian, audisi dilanjutkan di Makassar. Mengambil lokasi di Singgasana Hotel, audisi akan berlangsung pada 22 Juli 2017. Medan menjadi kota ketiga yang akan disinggahi tim audisi SUCA 3. Digelar di Le Polonia Hotel, audisi akan berlangsung pada 29 Juli 2017.

Dilanjutkan dengan kota Yogyakarta pada 5 Agustus 2017, audisi akan digelar di Cavinton Hotel. Audisi juga akan dilakukan di Surabaya, Singgasana Hotel dipilih sebagai lokasi dan audisinya akan berlangsung 12 Agustus 2017. Terakhir, audisi SUCA 3 bakal ditutup di kota Jakarta. Bertempat di Studio 3 Indosiar, dan berlangsung pada 19 Agustus 2017 mendatang.

SUCA 2

Adapun syarat untuk mengikuti pendaftaran SUCA 3 adalah sebagai berikut:

1. Usia bebas, tidak dibatasi.
2. Mempunyai kemampuan dasar Stand Up Comedy.
3. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran secara langsung.
4. Menyerahkan foto copy KTP, 2 lembar foto berwarna 3R (Close Up dan Full Body).
5. Peserta tidak sedang terikat dengan manajemen artis atau pihak lainnya.
6. Wajib menandatangani dan masuk kedalam management yang ditunjuk oleh pihak Indosiar.
7. Jika lolos, peserta bersedia untuk mengikuti karantina di Jakarta.
8. Sanggup mengikuti semua peraturan dan tata tertib yang diselenggarakan oleh Indosiar.
9. Untuk audisi online di vidio.com:
• Membuat account di www.vidio.com
• Meng-Upload video durasi 3 menit dengan format judul: #StandUpAcademy3(spasi)Nama(spasi)kota

Untuk pengambilan formulirnya sendiri, peserta bisa mendownloadnya di link berikut: www.indosiar.com/shows/stand-up-comedy-academy-3

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Usia 91 Tahun, Ratu Elizabeth II Sudah Rayakan Ultah 182 Kali

Posted: 03 Jul 2017 09:30 PM PDT

Pada April lalu Kepala Negara Inggris Raya, Ratu Elizabeth II, merayakan ulang tahun ke-91. Walau begitu sepanjang hidupnya dia sudah merayakan ulang tahun 182 kali. Kenapa?

Seperti para pendahulunya, Ratu Elizabeth II merayakan ulang tahun dua kali setahun, yakni setiap hari kelahirannya (21 April) dan Sabtu terakhir di bulan Juni.

Melansir Reader's Digest, Selasa (4/7/2017) perayaan ulang tahun dilakukan dua kali di bulan berbeda karena cuaca di Inggris. Pada Juni, cuaca di sana lebih baik dibanding bulan lain.

Tradisi ini telah berlangsung sejak 1748. Kala itu, setiap ulang tahun Raja George II di November selalu terkendala cuaca yang amat dingin. Tak ingin undangannya sakit, perayaan ini disatukan dengan parade Trooping the Colour.

 

 

 

Simak video menarik lainnya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Kecolongan Lagi, Sultan Yogya Pantau Ketat Warung Lesehan

Posted: 03 Jul 2017 09:30 PM PDT

Gubernur DI Yogyakarta Sultan HB X meminta pejabat di bawahnya, khususnya yang berkaitan dengan Malioboro, ikut aktif memantau aktivitas warung lesehan. Instruksi berlaku setelah warung lesehan Intan dengan semena-mena menerapkan harga tinggi kepada pembeli.

Pembeli itu kemudian mengunggah struk pembelian makanan yang dinilai kelewat mahal ke media sosial. Setelah unggahan itu viral, UPT Malioboro selanjutnya menindak warung tersebut dengan menutup warung lesehan tersebut.

"Saya harap UPT Malioboro itu lebih aktif tidak hanya menunggu aduan," ujar Sultan, Senin, 3 Juli 2017.

Menurut dia, jika menunggu aduan, tidak banyak pelanggaran yang tidak terpantau. Akibatnya, aksi nakal pedagang di kawasan Malioboro bisa lolos dari hukum.

"Kalau enggak mampu ya saya ganti. Saya akan bicara dengan Pak Wali Kota," katanya.

Sultan mengatakan saat musim libur Lebaran memang banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Namun, momentum itu tidak boleh disalahgunakan oleh penjual maupun pedagang yang ada di Yogyakarta, khususnya Malioboro.

Jika ulah ambil untung gila-gilaan terus terjadi, maka itu akan membuat citra wisata Yogyakarta tercoreng. Untuk itu, ia mengusulkan ada standar harga di kawasan Malioboro, termasuk untuk lesehan, sehingga turis nyaman saat makan di daerah situ.

"(Kalau mau naikkan harga) jangan terlalu drastis. Harapannya adanya airport 2019 kita harus standardisasi. Tuntutan turis maunya standar. Ini harus ditertibkan," ujar Sultan.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isi Baterai Smartphone Cukup 4 Kali Setahun pada 2030

Posted: 03 Jul 2017 09:30 PM PDT

Pernahkah kamu mengeluhkan betapa cepatnya baterai smartphone kamu habis, sehingga kamu sering mengisi baterai dalam satu hari?

Kemungkinan di masa depan kamu tak akan lagi merasakan hal tersebut. Hal ini lantaran para peneliti telah menemukan sebuah material baru yang dipakai untuk meningkatkan daya tahan baterai. Dengan begitu, masa pakai baterai bisa lebih lama dan tak perlu sering-sering mengisi daya.

Mengutip laman The Independent, Selasa (4/7/2017), penggunaan material tersebut bisa menimbulkan perubahan positif pada teknologi yang ada saat ini. Nantinya pengguna smartphone akan terbebas dari power bank dan bisa hidup jauh dari stop kontak.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Michigan dan Cornell University, material baru itu diberi nama magnetoelectric multiferroic. Disebutkan bahwa material itu berbentuk polar film tipis yang bisa beralih antara positif dan negatif dengan dorongan energi kecil.

Dikatakan pula bahwa material tersebut memungkinkan komputer beroperasi pada lonjakan energi, bukan arus konstan seperti yang sekarang dipakai. Dengan teknologi ini, energi yang digunakan akan sangat efisien.

Bahkan, disebutkan penggunaan material magnetoelectric multiferroic bisa meminimalkan penggunaan energi dengan daya 100 kali lebih sedikit dibandingkan biasanya. Teknologi ini diperkirakan akan membuat proses pengisian daya ponsel dalam waktu singkat.

Saat baterai sebuah iPhone terisi penuh, penggunaannya diklaim bisa mencapai 3 bulan, sehingga dalam setahun pengguna hanya perlu mengisi daya sebanyak 4 kali). Sayangnya kini material baru hasil penelitian itu belum bisa digunakan. Salah satu peneliti mengatakan bahwa teknologi ini baru akan mulai direalisasikan pada 2030.

(Tin/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump: Kesabaran Saya untuk Rezim Korea Utara Sudah Habis

Posted: 03 Jul 2017 09:29 PM PDT

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan kesabarannya terhadap Korea Utara sudah habis. Pernyataan itu ia sampaikan saat menjamu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam kunjungan kenegaraan di Gedung Putih pada Jumat, 30 Juni 2017.

"Era kesabaran strategis terhadap rezim Korea Utara telah gagal. Dan jujur, kesabaran itu sudah habis," kata Presiden Donald Trump yang turut didengarkan oleh Presiden Moon di Gedung Putih, seperti yang dikutip oleh CNN, Selasa (4/7/2017).

Presiden ke-45 AS itu juga mengatakan bahwa AS menghadapi ancaman rezim brutal Korea Utara yang tidak mengindahkan keamanan serta keselamatan manusia dan warga negara tetangganya. "Saya berjanji bahwa akan terus melindungi kepentingan dan koalisi AS di kawasan," demikian ia mengklaim.

Sementara itu, Presiden Moon mengatakan bahwa Korea Selatan akan menindak tegas ancaman dan provokasi yang dilakukan oleh Utara. Korsel juga berkomitmen menguatkan kerja sama dengan AS guna meningkatkan pertahanan di kawasan.

Presiden Korsel juga mengimbau agar Korut bersedia untuk mengambil jalan diplomasi guna meredakan tensi dengan AS Cs.


Trump Frustrasi, Korut Kembali Membandel

Pernyataan Presiden Trump di atas merupakan satu dari sekian banyak ungkapan rasa frustrasinya, yang menilai bahwa segala upaya AS untuk membendung Korut, mengalami stagnasi.

Dan benar saja, menurut pewartaan CNN pada Selasa, 4 Juli 2017, negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un itu kembali meluncurkan misil dari sebuah provinsi di utara Pyongyang. Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, rudal itu terbang di timur Semenanjung Korea.

Misil itu diduga jatuh di perairan Zona Ekonomi Eksklusif Jepang yang kira-kira berjarak 200 nautikal mil dari garis pantai. Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang, Takahiro Hirano.

Peluncuran misil itu datang setelah ancaman Donald Trump yang memberi batas waktu peringatan kepada Korut. AS beserta sekutunya mulai frustrasi dengan mandeknya program untuk menghentikan aksi nekat rudal dan nuklir Pyongyang.

Uji coba misil itu juga dilakukan beberapa hari sejak Presiden Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkomitmen akan bekerja sama dengan Korea Selatan untuk meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara. Komitmen itu diutarakan langsung oleh Trump dan Abe melalui sambungan telepon.

Selain menghubungi PM Abe, Presiden Trump juga menelepon Presiden China Xi Jinping pada Minggu, 2 Juli 2017 malam waktu setempat, untuk mendiskusikan ancaman yang berkembang dari program pengembangan rudal dan hulu ledak nuklir Korea Utara. Kemungkinan, Trump juga akan meminta China untuk menekan Korea Utara lewat aspek ekonomi.

Tak hanya itu, pada Kamis, 29 Juli 2017, Kementerian Keuangan AS menjatuhkan sanksi kepada sejumlah entitas finansial dan perbankan asal China yang dituduh oleh Washington, DC sebagai "pipa penghubung" dengan firma bisnis Korut. Entitas China itu antara lain Bank of Dandong, sebuah perusahaan, dan dua individu pegiat finansial asal Tiongkok.

Meski sanksi tersebut dijatuhkan pada entitas China, sasaran sesungguhnya adalah Korea Utara.

"Sanksi itu tidak ditujukan untuk China," ujar Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Pada kesempatan yang berbeda, penasihat keamanan nasional AS, H.R. McMaster, turut mengamini penjelasan Mnuchin.

"Sanksi itu bukanlah aksi untuk menekan China. Tindakan itu merupakan upaya kami untuk meminta China agar mampu lebih berkontribusi dalam masalah (Korea Utara) tersebut," kata McMaster.

Pakar politik juga memiliki penilaian serupa bahwa sanksi Depkeu AS terhadap Bank Dandong merupakan upaya "penyampaian pesan" yang dilakukan Washington kepada Beijing agar dapat bertindak tegas terhadap Pyongyang.

"Pesan yang ingin disampaikan AS kepada China adalah, 'Hey, kami berusaha untuk menjalin kerja sama dengan kalian untuk masalah (Korea Utara) tersebut, tapi kalian harus melakukan upaya yang lebih maksimal," ucap Anthony Ruggiero, analis dari Foundation for Defense of Democracies.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kanguru Kelabui Mobil Tanpa Sopir Volvo

Posted: 03 Jul 2017 09:25 PM PDT

Teknologi otonomos atau tanpa sopir, kini sedang dikembangkan oleh banyak produsen otomotif, dan salah satunya Volvo. Namun, ada yang menarik dari teknologi self driving asal Swedia ini, yaitu tidak bisa mendeteksi kanguru.

Dilansir Carscoop, Selasa (4/7/2017), ketidakmampuan teknologi tanpa pengemudi Volvo ini untuk mendeteksi kanguru, karena cara melompat dan bergerak binatang asli Australia ini sangat membingungkan sistem. Padahal, sistem ini sejatinya sudah mampu mendeteksi kehadiran binatang besar lainnya, seperti rusa hingga kerbau.

"Kami membawa teknisi kami ke Australia untuk mulai mengumpulkan data bagaimana hewan ini (kanguru) bergerak dan berperilaku, sehingga komputer dapat memahaminya lebih baik," jelas Managing Director Volvo Australia, Kevin McCann.

Lanjut McCann, kasus ini bagian dari pengembangan dan pengujian, dan tidak menjadi masalah besar ketika Volvo siap untuk meluncurkan mobil tanpa supir pada 2020.

Sementara itu, menurut Manajer Teknis Volvo Australia, David Pickett, hal ini memang biasa bermasalah untuk sistem otonomos yang masih menggunakan tanah sebagai titik sensor. Jadi, ketika kanguru melompat, sistem tidak bisa mendeteksi seberapa dekat binatang tersebut dengan mobil.

"Saat berada di udara, kanguru tampaknya sangat jauh. Namun, saat kembali ke darat atau tanah, kanguru terdeteksi lebih dekat," jelas Pickett.

Pengujian untuk mendeteksi kanguru ini menjadi penting, pasalnya binatang tersebut menjadi penyebab terbesar kecelakaan di Australia, sebesar 90 persen kejadian yang melibatkan kendaraan dan binatang.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad Ketemu Luna Maya di Eropa, Ayu Ting Ting Lakukan Ini

Posted: 03 Jul 2017 09:20 PM PDT

Raffi Ahmad, Nagita Slavina, serta Rafathar Malik Ahmad tengah menikmati liburannya di Eropa. Setelah bertemu dengan Momo Geisha dan Ivan Gunawan, di Belanda, kali ini Raffi Ahmad dan keluarga terlihat bertemu dengan Luna Maya.

Raffi Ahmad ajak istri dan anak jalan-jalan ke Eropa (Foto: Instagram)

Kebersamaan keluarga Raffi Ahmad dan kekasih Reino Barack ini diunggah di akun Instagram pribadinya @raffinagita1717. Lucunya, dalam foto tersebut, anak semata wayang Raffi Ahmad terlihat sedang menangis.

"Ada yang ketawa ada yang nangis," tulis Raffi Ahmad sebagai keterangan foto yang diunggah pada Senin (3/7/2017).

Foto : Instagram

 

Menariknya lagi, unggahan Raffi Ahmad dengan Luna Maya itu pun diberi tanda suka oleh Ayu Ting Ting. Hal ini, sontak membuat para netizen melontarkan berbagai komentar di akun Instagram tersebut.

"Akun gosip pasti nelen ludah tuh.. Tuh msih di like sm @ayutingting92. Bkn stalking ya...memang mereka g ada apa2 kalian yg bikin2 isyu.biar punya folowers.udh bnyk foliwers.kn lumayan tuh neriima endores crim pemutih./ cat tembok," tulis akun @roainanda_84.

Kemudian netizen lain menganggap bahwa Ayu Ting Ting memang sengaja mengintip akun Instagram milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina itu. 

"Dan ada yg kepo, lg liburan tetep aja kepoin ig ini. Iri ya @ayutingting92?" tulis akun @vitawarismatin.

 

Simak video menarik di bawah ini : 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bareskrim Jadwal Ulang Pemeriksaan Hary Tanoe Jumat Mendatang

Posted: 03 Jul 2017 09:17 PM PDT

Bos MNC Grup Hary Tanoesoedibjo mangkir dari pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan pesan singkat elektronik bernada ancaman atau SMS kaleng kepada Kepala Subdirektorat Penyidik Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Agung, Yulianto. Penyidik Dittipid Siber Bareskrim Polri merencanakan panggilan kedua pada Jumat, 7 Juli 2017.

"Panggilan kedua Jumat," tutur Dirtipid Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Untuk saat ini, penyidik masih akan menunggu kehadiran pria yang kerap disapa HT itu hingga sore hari. Terlebih, belum ada surat pemberitahuan tidak hadir yang diterima Bareskrim dari pihak Ketua Umum Partai Perindo itu.

"Belum hadir. Kita tetap menunggu sampai sore," jelas Fadil.

Sementara itu, penasihat hukum Hary Tanoe, Adhidharma Wicaksono, mengatakan jadwal pemeriksaan tersebut akan disesuaikan dengan kondisi kliennya. Yang bersangkutan belum dapat memenuhi panggilan hingga seminggu ke depan.

"Paling cepat tanggal 11 Juli atau setelahnya," ujar Adhidharma.

Ia juga enggan mengatakan alasan kliennya mangkir dari pemeriksaan. Selebihnya nanti akan ada penjelasan yang lebih mendetail dari Hotman Paris Hutapea selaku bagian dari tim kuasa hukum HT di kantor Dittipid Siber Bareskrim Polri, Jalan Cideng Barat Dalam, Jakarta Pusat.

"Kami belum bisa menyampaikan (keperluannya)," Adhidharma menandaskan.

Kepala Subdirektorat Penyidik Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Agung Yulianto melaporkan pengusaha Hary Tanoesoedibjo ke Bareskrim Polri, pada Kamis 28 Januari 2016. Sang pengusaha diduga mengancam Yulianto terkait penyidikan kasus dugaan korupsi PT Mobile 8.

Yulianto mengatakan, laporan itu dibuat atas dasar adanya pesan singkat dari sebuah nomor yang berisi ancaman dan terkesan menakut-nakutinya. Dia yakin, nomor itu adalah milik Hary Tanoe.

Sementara itu Kuasa hukum Hary Tanoe, Hotman Paris Hutapea, membantah kliennya mengancam jaksa melalui pesan singkat. Menurut dia, isi pesan singkat yang dikirimkan Hary Tanoe kepada Kepala Subdirektorat Penyidik Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Agung Yulianto, tidak berisi ancaman.

"Isi SMS Hary Tanoe bersifat umum dan idealis, dan tidak mengancam seseorang," kata Hotman melalui pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Jumat 23 Juni 2017.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Ahmad Dhani Jadi Ahli Museum dan Arkeologi? Bagus Dong

Posted: 03 Jul 2017 09:16 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat angkat bicara mengenai kabar pengangkatan musikus Ahmad Dhani menjadi anggota dewan museum oleh Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Djarot terkejut dan mengaku baru tahu bahwa Dhani adalah seorang ahli museum dan pakar arkeologi.

"Bagus dong, harus disambut gembira, bagus. Saya baru tahu kalau beliau itu juga paham tentang arkeologi, paham tentang kemuseuman," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Menurut Djarot, saat ini Jakarta sudah memiliki ahli museum dan arkeolog dari pakar universitas ternama.

"Kami sudah punya namanya tim ahli cagar budaya yang melibatkan para pakar dari berbagai macam universitas. Salah satunya profesor dari UI," kata Djarot.

Bahkan, saat ini para pakar tersebut tengah mengkaji dan membantu mengembangkan kawasan cagar budaya Sunda Kelapa dan Pasar Ikan.

"Lagi susun ini pergub tentang penentuan atau pengembangan kawasan cagar budaya di Sunda Kelapa, Pasar Ikan, sampai dengan Kota Tua. Dengan seperti itu, kita punya guidance, pedoman, kawasan seperti itu ke depannya mau seperti apa," kata Djarot.

Meski demikian, Djarot menyebut tak masalah bila Dhani menjadi anggota Dewan Museum.

"Jadi kalau mau ada Pak Ahmad Dhani ya, oh bagus. Artinya beliau punya ketertarikan, punya disiplin ilmu tentang masalah permuseuman, arkeolog ya, bagus," kata Djarot.

Sementara itu, terkait pendapat Dhani yang menyebut Gubernur DKI terdahulu tidak mengerti museum, Djarot enggan menanggapi.

"Enggak apa-apa. Orang dia lebih ahli kok. Tanya aja pada ahlinya, beliau lebih ahli, tanya dia," ujar Djarot.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA Summer League: Tatum Menangi Duel dengan Fultz

Posted: 03 Jul 2017 09:15 PM PDT

Laga NBA Summer League antara Boston Celtics melawan Philadelphia 76ers yang digelar di Utah pada hari Selasa (4/7/2017) WIB jadi sorotan pecinta NBA. Pertandingan ini menjadi duel pertama dua rookie top 3, Jayson Tatum melawan Markelle Fultz. 

Fultz merupakan rookie pilihan pertama yang diambil oleh Sixers. Sedangkan Tatum dipilih oleh Celtics di urutan ketiga. Celtics dan Sixers bertukar posisi pada NBA Draft 2017. Celtics yang seharusnya berhak memilih di urutan pertama. 

Fultz dan Tatum langsung dipertemukan pada penampilan perdana mereka di NBA Summer League. Hasilnya Tatum mampu mengungguli Fultz. Baik dari performa individu maupun tim.

Tatum membawa Celtics menang 89-88 atas Sixers. Tatum juga yang menjadi penentu kemenangan berkat tembakan dua angkanya ketika laga tersisa enam detik lagi.

Pada laga ini Tatum mencetak 21 angka, tujuh rebound dan lima steal. Sedangkan Fultz menorehkan 17 poin dan tiga blocks.

Pencetak angka terbanyak di laga ini adalah sophamore Celtics Jaylen Brown. Dia mencetak double-double dengan 29 poin dan 13 rebound.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Perombakan Kepala Dinas Sedang Didiskusikan

Posted: 03 Jul 2017 09:10 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pihaknya sedang mendiskusikan rencana perombakan kepala dinas atau pejabat eselon II di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Kita lagi diskusikan," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Selasa (4/7/2017).

 Djarot juga belum mengatakan pejabat di SKPD mana yang akan dirombak. "Belum tahu," ucap dia.

Perombakan SKPD terakhir kali dilakukan pada Januari 2017 saat Sumarsono menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta pada Januri 2017.

Saat itu, Sumarsono merombak daftar 5.038 pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dan mengukuhkan 5.038 pejabat DKI.


Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib: Pluim Bukan Satu-satunya Ancaman dari PSM

Posted: 03 Jul 2017 09:10 PM PDT

Jelang duel lawan PSM Makassar, Rabu (5/7/2017), Persib Bandung waspada. Keberhasilan PSM bertengger di puncak klasemen kompetisi Liga 1 Indonesia membuat Persib harus kerja keras.

Sukses PSM sendiri tak lepas dari tangan dingin pelatih Robert Rene Albert. Pria asal Belanda itu sukses menjadikan tim berjuluk Juku Eja itu kembali jadi klub yang disegani.

Namun, peran para pemain tentu tidak bisa dikesampingkan. Hadirnya para pemain baru seperti Marc Klok, Hamka Hamzah, Zulkifli Syukur, Reinaldo Elias serta para pemain lama seperti Wiljan Pluim membuat PSM Makassar menjadi tim solid.

Nah, nama terakhir menjadi sorotan Persib. "Dia (Pluim) pemain bagus, punya skill di atas rata-rata dan kita waspadai dia," ujar asisten pelatih Persib, Herrie Setyawan, Selasa (4/7/2017).

Namun, Herrie menambahkan, "Tapi, dalam sepak bola tidak bisa main satu orang. Dia juga butuh dukungan pemain lain. Makanya kami antisipasi semua pemain."

Persib, menurut Herrie, lebih melihat PSM sebagai satu kesatuan. "Memang ada yang diwaspadai, tapi kita berbicara general, karena semua pemain PSM bahaya. Kami sudah kantongi kekuatan yang harus diwaspadai," Herrie menandaskan.

Pokoknya, kata Herrie, Persib tidak terlalu fokus ke individu pemain PSM. "Kami fokus mempersiapkan tim saja," ujar Herrie, lagi.

 

 

Herrie juga menjelaskan, dalam latihan mereka sudah berlatih untuk mengantisipasi dan menahan gempuran PSM. Tujuannya tentu saja agar target poin mereka diwujudkan.

"Ya, pemain juga sudah punya strategi. Kita punya skema juga. Pemain pasti sudah bisa membaca. Persiapan telah kita lakukan untuk mewaspadai dan antisipasi ancaman lawan,"ujarnya.

Persib sendiri saat ini berada di posisi ke-12 klasemen Liga 1 dengan 16 poin dari 11 laga. Sedangkan PSM berada di puncak dengan 23 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertanda Alam yang Terabaikan Sebelum Letusan Kawah Sileri Dieng

Posted: 03 Jul 2017 09:02 PM PDT

Masyarakat di dataran tinggi Dieng, sebagaimana warga yang hidup di daerah berisiko tinggi, tentu memiliki pengetahuan yang diajarkan secara turun-temurun dan menjadi kearifan lokal. Dieng, yang merupakan kaldera raksasa kuno, tentu mengajarkan betapa pertanda alam adalah mitigasi bencana terbaik.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arif Rachman, berharap peristiwa meletusnya Kawah Sileri, Minggu, 2 Juli 2017, bisa memicu pengaktifan kembali kearifan lokal Dieng.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, masyarakat setempat telah merasakan tanda-tanda alam bahwa akan terjadi aktivitas vulkanik yang membahayakan sebelum letusan di Kawah Sileri terjadi.

"Masyarakat setempat bisa merasakan," kata Arief kepada Liputan6.com, Senin malam, 3 Juli 2017.

Menurut dia, pemahaman terhadap tanda-tanda alam itu adalah bagian dari kearifan lokal yang diajarkan tetua kepada keturunannya. Ilmu itu disampaikan turun-temurun selama ratusan tahun yang didasarkan pengalaman praktis masyarakat, baik sebagai komunitas sosial maupun komunitas ekonomi.

"Masyarakat bermukim di daerah yang dikelilingi oleh kawah aktif, baik yang memiliki riwayat membahayakan maupun tidak. Secara naluriah dan berdasarkan pengalaman, masyarakat tidak mau bermukim di daerah yang terlalu dekat dengan kawah aktif," ujarnya.

Permukiman yang cenderung menjauh dari kawah itu, jelas Arif, merupakan bentuk kearifan lokal yang mendasarkan pada peristiwa-peristiwa masa silam. Dia mencontohkan, kawasan permukiman terdekat dari Kawah Sileri adalah Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, yang berjarak sekitar 2 kilometer dari kawah.

"Jarak yang cukup aman untuk permukiman," kata dia.

Di masa lalu, Kawah Sileri memiliki riwayat erupsi eksplosif yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa akibat material vulkanik yang dimuntahkan, berupa lahar panas dan bebatuan seberat 1,5 kilogram.

Erupsi pada 1944 itu terjadi menyebabkan 177 warga Desa Jawera tewas. Lantas, mereka pun berpindah tempat ke kawasan yang kini disebut sebagai Desa Kepakisan, yang berjarak cukup aman.

Dari jangkrik sampai anjing memberikan pertanda sebelum letusan Kawah Sileri Dieng terjadi. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Tanda bahaya dari alam ketika aktivitas vulkanik meningkat lainnya, menurut Arif juga sudah diajarkan oleh tetua masyarakat Dieng. Antara lain, mengamati aktivitas hewan yang cenderung tak wajar.

Di kawasan gunung berapi, pertanda alam itu berwujud banyak hewan yang turun gunung. Sementara, di sekitar kawah, hewan menjauhi area kawah.

Burung yang biasa berkicau tiba-tiba terdiam. Begitu pula dengan hewan-hewan lain, seperti jangkrik atau belalang. Sebaliknya, hewan yang lainnya yang tidak biasa bersuara jadi ramai, misalnya anjing menggonggong terus-menerus.

"Menurut ajaran tetua masyarakat yang berada di daerah gunung berapi aktif, kebiasaan hewan-hewan menyimpang. Burung berkicau tiba-tiba diam. Kemudian, anjing juga akan menggonggong terus menerus," tuturnya.

Pertanda lainnya, menurut Arif, suhu di sekitar kawah akan cenderung meningkat (hangat/panas). Padahal, rata-rata suhu di Kawasan Tinggi Dieng yang berketinggian sekira 2000 mdpl cenderung dingin.

Suhu rata-rata adalah 7-12 derajat Celsius pada malam dan 18 derajat Celsius pada siang hari. Bahkan, pada puncak kemarau sekitar Agustus, suhu Dieng bisa mencapai titik beku 0 derajat Celsius, di mana salah satu tandanya adalah munculnya "bun upas" atau embun es yang mematikan tanaman kentang.

Secara visual, masyarakat setempat juga sudah belajar bahwa kawah yang mengalami peningkatan aktivitas vulkanik bergerak lebih cepat. Sementara, suhu kawah akan meningkat.

"Itu adalah pertanda yang harus menjadi pegangan masyarakat karena kearifan lokal itu bisa menjadi mitigasi bencana yang efektif," ujar Arif.

Kearifan lokal tersebut, menurut Pengamat Pos Pengamatan Vulkanologi Gunung Api Dieng, Aziz Yulianto, selanjutnya dikonfirmasi melalui pengetahuan ilmiah. Beberapa hal yang diukur adalah kadar konsentrasi gas, suhu permukaan kawah, dan aktivitas kegempaan.

"Pengamatan vulkanologi dengan memasang alat untuk mengukur suhu permukaan kawah, konsentrasi gas dan kegempaan," kata Aziz.

Pemantauan dengan peralatan canggih ini, menurut Aziz, akan menghasilkan rekomendasi yang harus menjadi acuan mitigasi bencana. Begitu Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi menyatakan bahwa kawasan itu berbahaya, maka harus diikuti oleh masyarakat.

"Instansi terkait juga harus saling mendukung untuk mengantisipasi korban jiwa dan kerugian lebih besar bila terjadi bencana," ujarnya.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bercadar Hitam, Firza Husein Penuhi Panggilan Polda Metro

Posted: 03 Jul 2017 09:01 PM PDT

Tersangka kasus pornografi chat seks Firza Husein memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Dia kembali diperiksa terkait kasusnya yang juga menyeret nama pemimpin FPI, Rizieq Shihab.

Firza tiba di Mapolda Metro Jaya sekitar pukul 09.00 WIB ditemani penasihat hukumnya, Aziz Yanuar. Kedatangannya sempat mengecoh awak media lantaran ia mengenakan pakaian serba hitam, kaca mata hitam, dan cadar.

Tak banyak kata yang terlontar dari mulut Firza terkait agenda pemeriksaan dirinya. Dia bergegas masuk ke ruang penyidikan begitu tiba di Mapolda Metro Jaya.

"Nanti ya nanti," kata Aziz di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Pemeriksaan Firza sejatinya dijadwalkan pukul 10.00 WIB. Namun Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana itu memilih datang lebih pagi.

Kasus pornografi berupa chat seks yang diduga melibatkan Firza dan Rizieq ini mencuat sejak akhir Januari 2017. Polisi telah menetapkan keduanya sebagai tersangka.

Dalam kasus ini, Firza dijerat Pasal 4 ayat 1 junto 29 dan atau Pasal 6 junto 32 dan atau Pasal 8 junto 34 UU RI Nomor 44 Tahun 2008 tentang pornografi.

Sementara Rizieq Shihab dijerat Pasal 4 ayat 1 juncto pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto pasal 32 dan atau Pasal 9 juncto Pasal 35 Undang-undang nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi. Keduanya terancam hukuman di atas 5 tahun penjara.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Belum Menyerah Kejar Winger Inter Milan

Posted: 03 Jul 2017 09:00 PM PDT

Manchester United (MU) ternyata belum menyerah dalam mengejar tanda tangan winger Inter Milan, Ivan Perisic. Laporan terakhir menyebutkan, Setan Merah telah menaikkan tawaran mereka.

Menurut Sky Sport Italia, MU kembali bernegosiasi dengan Inter Milan. Setan Merah juga menaikkan tawaran mereka dari proposal awal sebesar 40 juta euro.

Namun, nilai ini masih belum mendekati angka yang diinginkan Inter Milan, yakni 50 juta euro. Selain itu, La Beneamata juga menginginkan adanya bonus jika Perisic mencapai target tertentu di Old Trafford.

Inter Milan sendiri tidak dalam tekanan untuk melepas Perisic ke MU karena keuangan mereka telah stabil. Pelatih baru Inter Luciano Spalletti juga ingin menggunakan jasa Perisic musim depan.

Banderol tinggi dari Inter patut dimaklumi. Perisic merupakan satu di antara pilar klub saat ini. Dua musim berada di San Siro, Perisic telah mencatatkan 79 penampilan dan menyumbang 20 gol.

Selain itu, Perisic merupakan pemain yang multiposisi dan memiliki keunggulan dari segi kecepatan. La Beneamata mendatangkan Perisic dari Wolfsburg pada Agustus 2015. Saat itu, Inter Milan menebus sang pemain dengan harga 19 juta euro (Rp 283,54 miliar).

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Cantik Wanita Usia 40-an yang Masih Terlihat 20 Tahun

Posted: 03 Jul 2017 09:00 PM PDT

Jika Anda meyakini usia bukan patokan untuk mengenal seseorang, ini benar adanya, termasuk dalam hal kecantikan. Mungkin Anda tidak lagi terkejut bagaimana orang-orang dengan usia lanjut bisa memiliki kulit dan kecantikan layaknya mereka yang masih berusia 20 tahunan atau bahkan remaja.

Seperti dua wanita yang memiliki kecantikan luar biasa dan mengejutkan. Wanita pertama adalah Risa Hirako, seorang model yang berasal dari Tokyo. Melalui akun Instagram pribadinya, Risa sering menunjukkan penampilannya yang berbanding terbalik dengan usianya saat ini.

 

Monday mood😺💕 #monday#mondaymood #tokyo#lifestyle #beauty #fashion #risahirako #平子理沙

A post shared by RISA HIRAKO (@risa_hirako) on

Risa lahir di tahun 1971, yang berarti saat ini ia telah berusia 45 tahun. Tidak heran, Risa juga sering membagikan rahasia kecantikannya, melalui rutinitas menjaga kulit wajah yang terbilang inovatif.

Risa mengatakan untuk mendapatkan kulit seperti dirinya tidak harus mahal atau menyakitkan, cukup menggunakan tabir surya secara konsisten dan produk anti-aging secara rutin.

Kedua adalah Lure Hsu, seorang desainer interior dan fashion blogger yang saat ini telah memasuki usia 41 tahun. Hal yang lebih mengejutkan dari Lure Hsu adalah dirinya memiliki dua orang adik berusia 36 dan 40 tahun. Serta seorang ibu yang telah berusia 63 tahun, tapi masih tampak seperti wanita berusia 20 tahunan.

Saking hebohnya, keluarga ini disebut sebagai "The family of frozen ages" Menurut Lure, kulitnya yang awet muda tersebut didapatkannya dari ibunya sendiri.

Lure Hsu mengingatkan jika air menjadi kunci untuk mendapatkan tampilan awet muda. Karena minum banyak air putih dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik. Lure mengaku keluarganya selalu minum air putih hangat sebanyak 350ml sampai 500ml setiap pagi.

Jadi, perawatan kecantikan apa yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan kulit awet muda seperti Risa Hirako dan Lure Hsu?

 

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumsi Elpiji Naik Selama Ramadan dan Lebaran

Posted: 03 Jul 2017 09:00 PM PDT

Konsumsi elpiji meningkat 4 persen selama Ramadan dan Lebaran 2017 dibandingkan dengan konsumsi harian normal. Kenaikan konsumsi terlihat dari realisasi penjualan mencapai 23.105 metrik ton (mt).

Namun jika dibandingkan dengan momen Ramadan dan Lebaran pada tahun sebelumnya, konsumsi elpiji naik hingga 10 persen.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) BBM yang bekerja sejak H-15 hingga H+ 7 Lebaran, Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan meski terjadi kenaikan konsumsi elpiji.

‎"Secara umum stok dan penyaluran BBM dan elpiji Pertamina berjalan aman dan lancar," kata dia di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Adapun untuk konsumsi elpiji 3 kilogram (kg) yang masih disubsidi pemerintah naik 5 persen pada Juni 2017 menjadi 20.689 mt dari rata-rata Januari sampai Mei sebesar 19.963 mt. "Jika dibandingkan tahun 2016, rata-rata per hari 19.309 mt, naik 7 persen," tutur dia.
 
Kenaikan juga terlihat pada penjualan elpiji ukuran 5 kg atau Bright Gas. Meski konsumsi elpiji ini pada Juni turun sekitar 4 persen, jika dibandingkan tahun lalu tercatat meningkat 178 persen menjadi 416 mt dari 229 mt.

Menurut Adiatma, kenaikan ini tidak lepas karena meningkatnya promosi Bright Gas yang berlangsung sejak Mei 2017 di seluruh Indonesia. Meningkatnya penggunaan Bright Gas itu juga menekan penggunaan elpiji 3 kg.

Sedangkan untuk elpiji 12 kg,  50 kg dan bulk pada puasa dan Lebaran atau Juni turun bila dibanding dengan konsumsi harian normal pada Januari hingga Mei 2017. Bahkan untuk bulk turun sampai 17 persen, 12 kg turun 7 persen dan 50 kg turun 7 persen.

Tonton video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin Julio Ingin ke Yerusalem, tapi...

Posted: 03 Jul 2017 09:00 PM PDT

Banyak rencana yang dimiliki Kevin Julio untuk mengisi waktu liburnya, di antaranya ia ingin ke Amerika Serikat. Namun sebelumnya, ia juga bercita-cita mengajak ibunya ke tempat suci Yerusalem, Israel.

Singgah di Yerusalem sebenarnya adalah keinginannya sejak lama. Banyak hal yang ingin dilihat Kevin Julio di sana.

Pemain film Sweet 20, Kevin Julio saat berkunjung ke Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Senin (12/6). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

"Gue pengin banget ke kota Tuhan pastinya, dan gue pengin banget ngelihat keindahan di sana kayak gimana. Itu udah jadi plan gue sama nyokap," kata Kevin Julio, di Blok M Square, Jakarta Selatan, Senin (3/7/2017).

Namun lantaran kesibukan yang tak terelakkan, niat baik itu harus ditunda. Tadinya rencana mengunjungi Yerusalem memang ingin ia realisasikan pada tahun ini.

"Cuma ya belum bisa, ya udah enggak apa-apa. Mudah-mudahan tahun depan kalau misalnya enggak ada kerjaan. Sekarang kan mau jalan stripping juga, it's okay, enggak apa-apa," ia menjelaskan.

Kevin Julio (Source: Instagram)

Ia menuturkan alasan mengapa harus pergi ke sana bersama ibunda tercintanya. "Gue belum sempat ke sana karena sibuk. Yang jelas gue pasti akan ke sana karena gue pengin nyenengin nyokap," Kevin Julio mengakhiri.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kate Middleton Tampil Modis saat Nonton Tenis Wimbledon 2017

Posted: 03 Jul 2017 09:00 PM PDT

Kate Middleton berbincang dengan penonton lainnya saat menyaksikan pertandingan antara petenis asal Inggris, Andy Murray melawan petenis Rusia, Alexander Bublik pada babak pertama Wimbledon di London, Inggris (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton berbincang dengan penonton lainnya saat menyaksikan pertandingan antara petenis asal Inggris, Andy Murray melawan petenis Rusia, Alexander Bublik pada babak pertama Wimbledon di London, Inggris (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton (tengah) bertepuk tangan setelah petenis asal Inggris, Andy Murray berhasil mengalahkan petenis Rusia, Alexander Bublik pada pertandingan babak pertama Wimbledon di London, Inggris, (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton (tengah) bertepuk tangan setelah petenis asal Inggris, Andy Murray berhasil mengalahkan petenis Rusia, Alexander Bublik pada pertandingan babak pertama Wimbledon di London, Inggris, (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton tertawa saat menyaksikan pertandingan antara petenis asal Inggris, Andy Murray melawan petenis Rusia, Alexander Bublik pada babak pertama Wimbledon di London, Inggris (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton tertawa saat menyaksikan pertandingan antara petenis asal Inggris, Andy Murray melawan petenis Rusia, Alexander Bublik pada babak pertama Wimbledon di London, Inggris (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Duchess of Cambridge, Kate Middleton tiba untuk menyaksikan pertandingan antara petenis asal Inggris, Andy Murray melawan petenis Rusia, Alexander Bublik pada babak pertama Wimbledon di London, Inggris (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Duchess of Cambridge, Kate Middleton tiba untuk menyaksikan pertandingan antara petenis asal Inggris, Andy Murray melawan petenis Rusia, Alexander Bublik pada babak pertama Wimbledon di London, Inggris (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton bertepuk tangan setelah petenis asal Inggris, Andy Murray berhasil mengalahkan petenis Rusia, Alexander Bublik pada pertandingan babak pertama Wimbledon di London, Inggris, (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton bertepuk tangan setelah petenis asal Inggris, Andy Murray berhasil mengalahkan petenis Rusia, Alexander Bublik pada pertandingan babak pertama Wimbledon di London, Inggris, (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton saat menyaksikan pertandingan antara Andy Murray melawan Alexander Bublik pada babak pertama Wimbledon di London, Inggris (3/7). Kate Middleton tampil modis dengan dress polkadot dan kaca mata hitam. (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kate Middleton saat menyaksikan pertandingan antara Andy Murray melawan Alexander Bublik pada babak pertama Wimbledon di London, Inggris (3/7). Kate Middleton tampil modis dengan dress polkadot dan kaca mata hitam. (AFP Photo/Adrian Dennis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikelilingi Selusin Singa, Perempuan Ini Melahirkan Bayinya

Posted: 03 Jul 2017 09:00 PM PDT

 

Manguben Makwana, seorang perempuan berusia 32 tahun, membuat sensasi di India, karena dilaporkan melahirkan bayi laki-laki di dalam ambulans yang dikelilingi selusin singa di satu hutan di Negara Bagian Gujarat, India Barat.

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat dini hari (30/6) saat Manguben Makwana tiba-tiba merasa akan melahirkan, sehingga segera dibawa menggunakan ambulans ke satu rumah sakit dari desa tempat tinggalnya, Lunasapur, ke satu rumah sakit pemerintah di kota kecil Jafarabad.

Saat ambulans melewati satu desa terpencil di sekitar Hutan Gir di Kabupaten Amreli, kondisi perempuan tersebut memburuk, sehingga staf ambulans menghentikan kendaraan guna membantu perempuan itu menjalani persalinan di tempat tersebut.

Saat sang bayi akan lahir, ternyata ambulans itu telah dikelilingi 12 singa yang muncul dari hutan terdekat selama hampir 30 menit.

"Kemudian, pengemudi ambulans tersebut menghidupkan mesin kendaraan itu dan mulai bergerak secara pelan-pelan. Saat melihat kendaraan tersebut bergerak dan silau terkena sinar lampu, semua singa itu akhirnya bergerak dan memberi jalan kepada ambulans tersebut," kata staf ambulans darurat Chetan Gaadhe, sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua China.

Ibu dan anaknya itu selamat dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Jafrabad. (AntaraNews)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Bonucci, Barcelona Telikung Chelsea dan City

Posted: 03 Jul 2017 08:45 PM PDT

Barcelona diam-diam juga naksir dengan bek Juventus Leonardo Bonucci. Azulgrana bahkan siap menyalip Chelsea dan Manchester City dalam perburuan bek 30 tahun tersebut.

Menurut Tuttosport, Barcelona kini berada di barisan terdepan mendapatkan tanda tangan Bonucci. Sebab, Chelsea dan City ogah memenuhi harga yang dipasang Juventus. Bianconeri mematok harga 70 juta euro untuk Bonucci. Bagi Barcelona, nilai ini tak jadi masalah dan mereka siap menebus mantan bek Bari tersebut.

Menurut Daily Mirror, Bonucci juga tertarik untuk pindah ke Nou Camp. Ia bahkan memprioritaskan hijrah ke Barcelona jika meninggalkan Juventus.

Bonucci termasuk pilar penting Juventus dalam perjalanan mereka yang terbilang sensasional pada musim 2016-2017. Dia tampil dalam 44 pertandingan yang dilakoni Si Nyonya Besar dalam semua kompetisi.

Dia juga membawa Juventus memenangi Scudetto dan Coppa Italia. Bianconeri sebenarnya juga lolos ke Liga Champions, namun mereka kalah di tangan Real Madrid.

Barcelona memang membutuhkan amunisi tambahan di lini belakang. Sebab, mereka saat ini hanya memiliki tiga bek tengah yakni Gerard Piqué, Javier Mascherano, dan Samuel Umtiti. Adapun Thomas Vermaelen sering cedera, sementara Jérémy Mathieu sudah meninggalkan Azulgrana.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak Indonesia Turun ke US$ 43,66 per Barel

Posted: 03 Jul 2017 08:45 PM PDT

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) Juni 2017 sebesar US$ 43,66 per barel. Jika dibandingkan ICP Mei 2017 sebesar US$ 47,09 barel, maka ICP Juni mengalami penurunan sebesar US$ 3,43 per barel.

Penurunan ICP tersebut dipicu oleh penurunan harga minyak dunia. Harga rata-rata minyak jenis Brent bulan Juni 2017 sebesar US$ 47,55 per barel turun dari bulan sebelumnya sebesar US$ 51,39 per barel. Demikian halnya minyak West Texas Intermediate (WTI) bulan Juni 2017 turun menjadi US$ 45,20 per barel dibanding bulan sebelumnya sebesar US$ 48,54 per barel.

"Kalau kita lihat sudah dua bulan terakhir ini ICP turun terus. ICP April sebesar US$ 49,56 per barel, lalu turun pada bulan Mei menjadi US$ 47,09 per barel, lalu turun lagi Juni ini menjadi US$ 43,66 per barel," ungkap Menteri ESDM, Ignasius Jonan, seperti yang dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Jonan menjelaskan, dengan rata-rata ICP Januari sampai Juni 2017 sebesar US$ 48,84 per barel, secara nasional berdampak baik karena nilai impor menjadi lebih kecil, berpotensi menurunkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) pembangkitan tenaga listrik. Namun di sisi lain berpotensi menimbulkan lesunya minat investasi atau eksplorasi baru di kegiatan hulu migas.

Terkait dengan penurunan harga minyak mentah, belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan, harga BBM Premium dan Solar tidak naik per 1 Juli 2017, harga BBM tersebut tidak berubah sejak 1 Juli sampai 30 September 2017. Demikian juga untuk harga LPG 3 kg, tidak ada kenaikan.

Penurunan harga minyak dunia tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain, laporan Energy Information Administration (EIA) - USA, tingkat stok gasoline dan distillate fuel oil AS selama Juni 2017 mengalami peningkatan dibandingkan dengan Mei 2017, dimana stok gasoline di Juni 2017 naik 4 juta barel menjadi sebesar 241 juta barel dan stok distillate fuel oil di Juli 2016 naik 5,3 juta barel menjadi sebesar 152,3 juta barel.

Data Baker Hughes Incorporated, terdapat peningkatan jumlah rig count di Amerika Serikat pada Juni 2017 sebanyak 33 rig dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 941 rig.

Perawatan kilang di Jepang dan kecenderungan menurunnya pertumbuhan permintaan minyak mentah Jepang.

Selain itu, berdasarkan publikasi IEA, terdapat penurunan permintaan produk minyak mentah di Korea Selatan dan China.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasca-Diinspeksi Presiden Kenya, Jembatan Buatan China Ambruk

Posted: 03 Jul 2017 08:41 PM PDT

Hanya dua pekan setelah inspeksi dilakukan oleh Presiden Uhuru Kenyatta, jembatan Sigiri buatan China senilai US$ 12 juta (sekitar Rp 158 triliun) di Kenya Barat ambruk sebelum selesai dibangun. Ada apa gerangan?

Beruntung peristiwa jembatan ambruk itu tak menelan korban jiwa. Kini penyebab runtuhnya jembatan tersebut tengah diselidiki.

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (4/7/2017), jembatan yang dibangun oleh perusahaan Teknik dan Konstruksi Luar Negeri China di Busia County tersebut menghubungkan kawasan yang secara historis tidak memiliki investasi dan pengembangan pemerintah. Kendati demikian, sekitar selusin orang meninggal di sungai setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam saat menyeberang wilayah itu pada 2014.

Koalisi partai yang mendukung Presiden Kenyatta, membuat pembangunan infrastruktur sebagai pilar utama strategi pemilihan kembali, menjelang pemilihan presiden yang akan datang.

Pada 14 Juni, Presiden Kenyatta yang tengah kampanye berhenti di lokasi pembangunan jembatan Sigiri. Ia berbicara kepada orang banyak yang berkumpul di sepanjang sungai.

Dia berjanji bahwa jembatan tersebut akan membawa perkembangan bagi wilayah tersebut.

"Ada perbedaan besar antara mereka yang akan menjual propaganda kepada Anda dan orang-orang yang akan menjual agenda perubahan nyata kepada Anda," kata Presiden Uhuru Kenyatta dalam sebuah pernyataan yang dimuat di situs web Kepresidenan saat itu.

Janji infrastruktur

Pemilu nasional Kenya dijadwalkan berlangsung pada 8 Agustus, dan rival utama Presiden Kenyatta adalah pemimpin oposisi veteran Raila Odinga.

Pemerintah Kenya sangat bergantung pada proyek-proyek yang didanai dan dibiayai China, untuk mencapai janji kampanye infrastruktur presiden. Juni lalu, Presiden meluncurkan Madaraka Express -- investasi terbesar sejak kemerdekaan.

Kereta senilai US$ 3,8 miliar yang dibiayai oleh China's Eximbank dikirim dari kota pelabuhan Mombasa ke Nairobi, dan rencananya akan menyeberangi Kenya dan menghubungkannya dengan beberapa negara Afrika Timur lainnya.

Kendati demikian, banderol rel kereta api yang tinggi menjadi pertimbangan. Harganya lebih dari dua kali lipat per kilometer dari rel kereta api buatan China yang menghubungkan Addis Ababa ke Djibouti.

Pembangunan rel kereta Api Kenya membutuhkan banyak biaya tambahan terkait geografi di sana yang lebih rumit.

Dalam masa kampanye, Odinga menyalahkan kecelakaan baru-baru ini terhadap pemerintah yang membanjiri proyek Sigiri untuk tujuan politik. Dia menyebut hal itu "tenderpreneurs", di mana para pejabat pemerintah yang menugaskan proyek untuk keuntungan finansial.

"Di masa lalu, kami memiliki pekerjaan di bawah standar pada proyek publik, biasanya jalan dan jembatan, yang membahayakan masa proyek dan menolak kami untuk mendapatkan uang," kata Odinga.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Feminin, Supercar Milik Wanita Cantik ini Ternyata Buas

Posted: 03 Jul 2017 08:41 PM PDT

Hobi otomotif memang identik dengan kaum pria. Namun hal itu tidak berlaku mutlak, seperti yang ada di Dubai Uni Emirat Arab. Sebab, di salah satu kota paling terkaya di dunia ini ada sebuah supercar Lamborghini Huracan yang dimiliki seorang wanita cantik.

Tidak disebutkan siapa nama wanita pemilik Lamborghini Huracan tersebut. Namun demikian, kesan feminin terasa dari mobil tersebut seperti terlihat dari guyuran cat ungu di sekujur bodi mobil.

Yang mengesankan, mobil berlambang banteng tempur itu rupanya ikut mengalami rombakan pada bagian jantung pacu.

Kondisi standar jantung pacu Lamborghini Huracan adalah mesin V10 berkapasitas 5,2 liter yang mampu menghasilkan daya 610 Tenaga kuda (Tk). Setelah dirombak dan melakukan penyetelan ECU, serta tambahan knalpot Inconel, mobil tersebut kekuatannya meningkat jadi 690 Tk. Demikian dilansir Carscoops, Selasa (4/7/2017).

Untuk menunjang tenaga mesin, mobil ini juga mengalami ubahan pada bagian eksterior dengan penggunaan serat karbon, seperti pada kap depan, pintu, bodi samping, sepatbor, hingga sayap belakang.

Dengan penggunaan serat karbon pada bagian bodi ini membuat bobot mobil tersebut turun hingga 100 kilogram.

Semua rombakan pada Lamborghini Huracan ini rupanya dibuat di rumah modifikasi RevoZport. Namun sayang tidak disebutkan berapa biaya yang dikucurkan.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerusuhan Pecah di Penjara Remaja, 10 Narapidana Melarikan Diri

Posted: 03 Jul 2017 08:40 PM PDT

Sekelompok narapidana remaja berdiri diatap saat kerushuan di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). Akibat kerusuhan tersebut, 10 narapidana remaja dilaporkan melarikan diri dari penjara. (AP Photo / Moises Castillo)

Sekelompok narapidana remaja berdiri diatap saat kerushuan di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). Akibat kerusuhan tersebut, 10 narapidana remaja dilaporkan melarikan diri dari penjara. (AP Photo / Moises Castillo)

Petugas polisi membawa narapidana yang ditangkap dari penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). (AP Photo / Moises Castillo)

Petugas polisi membawa narapidana yang ditangkap dari penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). (AP Photo / Moises Castillo)

Sekelompok narapidana remaja berdiri diatap saat kerushuan di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). Kerusuhan di penjara tersebut terjadi usai dua narapidana ditemukan tewas tergantung. (AP Photo / Moises Castillo)

Sekelompok narapidana remaja berdiri diatap saat kerushuan di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). Kerusuhan di penjara tersebut terjadi usai dua narapidana ditemukan tewas tergantung. (AP Photo / Moises Castillo)

Para tahanan yang ditangkap di penjara Juvenile Gaviotas berbicara kepada wartawan saat mereka menunggu untuk dibawa ke pengadilan, Guatemala City, Guatemala (3/7). (AP Photo / Moises Castillo)

Para tahanan yang ditangkap di penjara Juvenile Gaviotas berbicara kepada wartawan saat mereka menunggu untuk dibawa ke pengadilan, Guatemala City, Guatemala (3/7). (AP Photo / Moises Castillo)

Petugas polisi membawa narapidana yang ditangkap dari penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). Kerusuhan di penjara tersebut terjadi usai dua narapidana ditemukan tewas tergantung. (AP Photo / Moises Castillo)

Petugas polisi membawa narapidana yang ditangkap dari penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). Kerusuhan di penjara tersebut terjadi usai dua narapidana ditemukan tewas tergantung. (AP Photo / Moises Castillo)

Petugas polisi berusaha meredam kerusuhan yang terjadi di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). Akibat kerusuhan tersebut, 10 narapidana remaja dilaporkan melarikan diri dari penjara. (AP Photo / Moises Castillo)

Petugas polisi berusaha meredam kerusuhan yang terjadi di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). Akibat kerusuhan tersebut, 10 narapidana remaja dilaporkan melarikan diri dari penjara. (AP Photo / Moises Castillo)

Sekelompok narapidana remaja berdiri diatap saat kerushuan di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). (AP Photo / Moises Castillo)

Sekelompok narapidana remaja berdiri diatap saat kerushuan di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). (AP Photo / Moises Castillo)

Petugas mengevakuasi narapidana korban kerushuan di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). (AP Photo / Moises Castillo)

Petugas mengevakuasi narapidana korban kerushuan di penjara Juvenile Gaviotas di Guatemala City, Guatemala (3/7). (AP Photo / Moises Castillo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua Tagih Janji Siti Badriah soal Menikah di Tahun Ini

Posted: 03 Jul 2017 08:40 PM PDT

Siti Badriah sempat berucap ingin melepas status lajangnya pada 2017. Ternyata ucapannya itu ditagih oleh kedua orangtuanya ketika Lebaran.

Siti Badriah mengaku heran atas permintaan tersebut. Karena selama ini, kedua orangtuanya tak pernah rewel soal jodoh.

Siti Badriah (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Baru kali ini Bapak dan Emak tanya pacar. Terus kata Bapak, 'katanya tahun ini mau nikah'," ungkap Siti Badriah, saat ditemui di Studio 5 Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (3/7/2017) malam.

Rupanya, pertanyaan soal jodoh tidak saja diajukan oleh kedua orangtua Siti Badriah. Para sahabat pun demikian, penasaran kapan pelantun "Terong Dicabein" tersebut menuju pelaminan.

"Habis salat Idul Fitri juga ditanya kapan nikah sama teman-teman. Aku jawabnya ya doain aja, semoga cepat dapat jodoh," ujar Siti Badriah.

Siti Badriah [Foto: Faisal R. Syam/Liputan6.com]

Meski kerap ditanya soal jodoh, Siti Badriah mengaku tak marah. Malah, wanita kelahiran 11 November 1991 itu senang karena punya orangtua dan teman yang perhatian.

"Mereka yang nanyain jodoh ke aku, dan mereka yang mendoakan. Dan baru tahun ini bapak ibu nyuruh nikah. Teman juga banyak yang mau jodohin aku," kata Siti Badriah.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo ke Sumba, Parade 1001 Kuda Sandelwood Dimulai

Posted: 03 Jul 2017 08:32 PM PDT

Parade 1001 kuda Sumba dan festival tenun ikat tradisional di Kabupaten Sumba, Nusa Tenggara Timur mulai digelar. Dua event berskala internasional itu dibuka Gubernur NTT Frans Lebu Raya, di Waingapu, Sumba Timur, Senin, 3 Juli 2017.

Upacara pembukaan itu dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTT serta Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda serta unsur pejabat se-kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya.

Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Ardu Jelamu, mengatakan seluruh persiapan menjelang acara pembukaan hingga Minggu malam telah tuntas. "Kegiatan berskala internasional ini diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses sehingga wisatawan domestik dan mancanegara dapat tertarik dan menikmatinya," ujar Jelamu kepada Liputan6.com.

Rangkaian kegiatan parade kuda Sumba dan festival tenun ikat itu akan berlangsung hingga 14 Juli 2017 dan berakhir di Kabupaten Sumba Barat Daya. Parade kuda Sumba sendiri akan berlangsung di empat kabupaten.

Parade 1001 kuda sandelwood Sumba itu juga bakal diiringi dengan festival tenun ikat. Siapa yang siap bertualang ke Sumba? (Liputan6.com/Ola Keda)

"Yaitu untuk Kabupaten Sumba Timur di Waingapu berlangsung dari 3 dan 4 Juli, 5 – 6 di Anakalang, 7 – 8 Juli di Waikabubak dan di Tambolaka (SBD) pada 12 -14," tutur Jelamu.

Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sumba Timur, Umbu M. Meha, mengatakan parade 1001 kuda Sumba terbagi atas Kabupaten Sumba Timur sebanyak 250 ekor kuda, Sumba Tengah 250 ekor, Sumba Barat 250 ekor dan Kabupaten SBD mengikutsertakan 251 ekor kuda.

Dalam acara pembukaan di Waingapu, 250 ekor kuda yang terlibat dalam parade dibagi dalam 10 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri 25 ekor kuda dan dilepas Gubernur Frans Lebu Raya di Waingapu.

Bakal Jadi Event Tahunan

Dalam acara pembukaan itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya meminta seluruh jajaran pemerintah kabupaten, terutama yang berada di Flores, Sumba, dan Timor, untuk berupaya menggelar event tahunan berskala nasional dan internasional setiap tahunnya.

"Dengan begitu, dapat mengundang wisatawan untuk berkunjung ke NTT dan sekaligus mendukung pembangunan sektor pariwisata di Provinsi NTT," ujar Lebu Raya.

"Kita harus berupaya untuk menjual Nusa Tenggara Timur dalam konteks sektor pariwisata agar dapat memicu perhatian dunia terhadap berbagai potensi yang kita miliki," imbuhnya.

Menurut Lebu Raya, parade 1001 kuda sandelwood Sumba dan festival tenun ikat, memiliki makna penting. Selain dijadikan sebagai event tahunan, juga mendorong masyarakat Sumba untuk memelihara dan menjaga populasi ternak kuda agar tidak sampai punah.

Sedangkan untuk tenun ikat, tutur Gubernur, mesti terus dilestarikan karena menjadi nilai ekonomis yang dapat mendukung perekonomian masyarakat dan keluarga. Selama ini, tenun ikat masih dipandang warga hanya dari sisi sosial budaya semata.

"Misalnya, produk tenun ikat ditingkatkan nilainya menjadi produk turunan yang bernilai ekononi, seperti dompet yang dibuat dari tenun, tempat tisu dari tenun, tas tenun dan lainnya," katanya.

Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijora, mengatakan, ternak dan kain tenun merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sosial budaya dan merupakan harga diri masyarakat Sumba.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai Merosot Drastis, Inflasi DKI Jakarta Rendah

Posted: 03 Jul 2017 08:31 PM PDT

Harga bahan pangan di DKI Jakarta tetap terkendali pada Juni 2017, menghadapi tekanan inflasi selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2017.

Inflasi DKI Jakarta pada Juni tercatat hanya sebesar 0,46 persen (month to month/mtm), jauh lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata historis inflasi bulan Idul Fitri dalam tiga tahun terakhir, yaitu 0,93 persen.

Dengan perkembangan ini laju inflasi sejak awal tahun 2017 mencapai 2,31 persen (ytd), atau 3,94 persen (yoy). Terkendalinya inflasi DKI Jakarta juga tercermin dari pencapaian yang lebih rendah dari inflasi nasional sebesar 0,69 persen (mtm).

"Inflasi kelompok bahan pangan yang bergejolak (volatile food) yang kerap meningkat pada bulan Idul Fitri, saat ini menunjukkan pergerakan yang stabil," ujar‎ Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Doni P Joewono‎, Selasa (4/7/2017).

Doni menjelaskan, komoditas cabai merah yang kerap mengalami kenaikan harga pada Idul Fitri, justru turun harga sebesar 12,39 persen (mtm) akibat berlimpahnya pasokan cabai di Ibukota. Pada subkelompok komoditas daging dan hasil-hasilnya, daging sapi turut mengalami penurunan harga sebesar 0,11 persen.

Sementara, harga daging ayam ras cenderung stabil dan hanya mengalami kenaikan sebesar 0,48 persen. Pada 3 tahun sebelumnya, rata-rata kenaikan harga kedua komoditas daging ini masing-masing sebesar 3,72 persen dan 3,08 persen.  Adapun harga beras masih terkendali, dan hanya mengalami kenaikan sebesar 0,64 persen.

Secara keseluruhan, pencapaian inflasi bahan makanan pada Juni 2017 sebesar 0,72 persen, lebih terkendali dibandingkan dengan inflasinya pada bulan Idul Fitri dalam 3 tahun terakhir, yang mencapai rata-rata 2,00 persen.

"Berbagai program TPID Provinsi DKI Jakarta dan koordinasi yang lebih baik lintas instansi dalam pengendalian harga, serta pembentukan ekspektasi positif masyarakat ikut berperan dalam menjaga kestabilan harga di Jakarta," tambah Doni.

Sejalan dengan kelompok volatile foods, kelompok administered prices juga mengalami pergerakan yang cukup stabil. Tingkat permintaan jasa transportasi pada masa libur Idul Fitri, terutama pada moda angkutan udara dan antarkota tercatat relatif terkendali.

Angkutan udara, mengalami kenaikan sebesar 12 persen, relatif lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata tiga tahun sebelumnya 15,73 persen.

Berbagai pembangunan infrastruktur yang telah beroperasi, seperti jalan darat dan tol, memberikan alternatif moda transportasi yang lebih variatif, termasuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut juga mempengaruhi kenaikan tarif angkutan antarkota yang tercatat sebesar 8,67 persen (mtm), lebih rendah dari rata-rata tiga tahun sebelumnya (9,34 persen mtm).

Berbagai perkembangan harga ini membawa kelompok pengeluaran transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami inflasi sebesar 0,90 persen, lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata bulan Idul Fitri dalam 3 tahun terakhir 1,25 persen.

Inflasi yang rendah juga didukung oleh stabilnya perkembangan harga komoditas pada kelompok inti. Kenaikan harga komoditas kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau yang rendah merupakan pendorong utama stabilnya kelompok inti. Kelompok ini hanya mengalami inflasi sebesar 0,35 persen, lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata bulan Idul Fitri pada 3 tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 1,19 persen.

Terkendalinya harga pangan yang digunakan sebagai bahan baku makanan jadi, turut mendukung pencapaian inflasi yang rendah tersebut. Sementara itu, kelompok pengeluaran sandang tercatat sebesar 0,75 persen (mtm), sedikit lebih tinggi dari rata-ratanya 0,46 persen. Hal ini terutama disebabkan kenaikan harga emas perhiasan sebesar1,54 persen (mtm).

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Everton Gaet Bek Incaran MU dan Chelsea

Posted: 03 Jul 2017 08:30 PM PDT

Everton berhasil mengalahkan dua klub raksasa Liga Inggris, Manchester United (MU) dan Chelsea, dalam perburuan bek Michael Keane. Everton pada Senin (3/7/2017) resmi mendapatkan Keane. 

Pemain belakang Inggris itu dibeli Everton dari Burnley senilai 25 juta pound. Nilai transfer Keane bisa melonjak menjadi 30 juta pound tergantung performanya di Everton.

"Saya sangat senang dapat bergabung bersama Everton, klub sepak bola yang fantastis dengan pendukung yang bergairah dan tradisi luar biasa. Saya tidak sabar untuk datang ke sesi latihan untuk bertemu semua rekan-rekan baru," ujar Keane.

Pemain 24 tahun itu tampil gemilang bersama Burnley musim lalu. Kehebatan pemain binaan MU itu membuatnya beberapa kali dipanggil membela timnas Inggris.

Keane sempat dikaitkan dengan kemungkinan pindah ke Chelsea dan MU. Namun kedua klub tersebut akhirnya mengurungkan niat membeli Keane. Chelsea akan memboyong Antonio Rudiger, sedangkan MU sudah merekrut Victor Lindelof.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coba Menu Sarapan ala Bule Ini agar Tidak Bosan

Posted: 03 Jul 2017 08:30 PM PDT

Sarapan merupakan hal terpenting sebelum kita memulai aktivitas di pagi hari. Namun menu sarapan yang itu-itu saja, seperti nasi dan bubur, tentu akan membuat kita merasa bosan.

Mungkin kita dapat mencoba ide sarapan dari beberapa negara berikut seperti dilansir laman Thrillist, Selasa (4/7/2017) berikut ini.

Amerika

Sarapan tradisional negeri Paman Sam ini hanya terdiri dari roti, bacon atau sosis, pancake dan telur goreng mata sapi. Untuk telur hampir setiap negara menggunakan jenis makanan satu ini sebagai salah satu menu sarapan mereka.

Thailand

Menu sarapan tradisional Thailand yang terbaik menunya bervariasi. Ada bubur, kari atau gulai, ada pula nasi goreng juga telur goreng. Mungkin bisa menjadi pilihan mana yang akan dimakan terlebih dahulu. Atau bisa saja Anda makan semuanya.

Israel

Israel memiliki sarapan khas yang unik, yang khas adalah salad Israel. Salad ini terdiri dari timun dan tomat. Ditambahkan dengan feta, shahshuka (telur rebus dalam tomat), hummus (makanan yang terbuat dari kacang, jus lemon, bawang dan minyak zaitun), tahini (wijen yang dibentuk seperti pasta), pita, dan zaitun.

Jika bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja, sarapan ala bule seperti di atas mungkin dapat diterapkan bagi orang Indonesia. (Michelle Tania)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Masuk Box Office, Richard Kyle Nyanyi Keliling Kampung?

Posted: 03 Jul 2017 08:30 PM PDT

Baru satu minggu tayang, film Insya Allah Sah sudah berhasil ditonton 461 ribu orang. Pencapaian ini tentu membawa rasa bahagia bagi para pemerannya seperti Titi Kamal dan Richard Kyle.

Sebagai rasa terima kasih yang besar kepada para penggemar filmya, masing-masing pemain rencananya akan mengabulkan permintaan penggemar.

Titi Kamal dan Richard Kyle. (Bambang E. Ros/Liputan6.com)

"Ya mudah-mudahan naik lagi. Dan katanya ada yang mau melakukan sesuatu untuk fans kalau sampai 500 ribu. Kalau Richard 500 ribu, kalau aku 600 ribu, kalau Panji 700 ribu," kata Titi Kamal, saat ditemui di Blok M Square, Jakarta Selatan, Senin (3/7/2017).

Mengingat tak lama lagi jumlah penonton akan menembus angka 500 ribu, kira-kira apa yang akan dilakukan oleh Richard Kyle? "Fans mungkin suruh dia (Richard) nyanyi-nyanyi keliling kampung. Atau suruh dia gendong cewek kan," ucap Titi sambil tertawa.

Hingga kini aktor berusia 29 tahun itu masih menimbang-nimbang permintaan mana yang akan dikabulkannya. "Enggak tahu, lagi nungguin fans untuk kasih ide," ujar Richard Kyle.

Nonton bareng film Insya Allah Sah (Nurwahyunan/bintang.com)

Sementara itu, Titi Kamal dan Richard Kyle sendiri berharap film Insya Allah Sah bisa meraih jumlah penonton sebanyak-banyaknya.

"Kita berharap dapat yang terbaik dan meraih penonton yang sebanyak-banyaknya. Karena aku pengin mereka mendapatkan sesuatu manfaat dari film ini," tutur istri Christian Sugiono itu.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gundam Versus Berlaga di PS4 September 2017

Posted: 03 Jul 2017 08:30 PM PDT

Kabar baik bagi kamu penggemar seri Gundam. Seri terbarunya, yakni Gundam Versus, dipastikan akan meluncur untuk PS4 pada 29 September 2017.

Sebelumnya gim tersebut sudah lebih dulu dihadirkan di mesin arcade di wilayah Jepang oleh Bandai Namco. Menurut informasi yang Tekno Liputan6.com kutip via Gamespot, Selasa (5/7/2017), Gundam Versus adalah gim fighting dengan modus pertarungan 2 lawan 2 dan 3 lawan 3.

Bandai Namco mengklaim, gameplay Gundam Versus merupakan adaptasi utuh dari seri anime Gundam. Jadi, gaya pertarungan robot di gim ini dipastikan memiliki gaya yang sama dengan Gundam yang ada di anime.

Gundam Versus menawarkan lebih dari 90 jenis robot mecha dengan kemampuan tarung bervariasi. Asyiknya lagi, gim ini akan menghadirkan modus multiplayer online yang bisa dimainkan hingga enam pemain, serta modus offline untuk single player.

Pemain juga bisa mengatur alur pertarungan robot; ada dua pilihan sistem "Burst" dengan fitur berbeda yang berfokus pada serangan jarak dekat dan jauh.

Tak cuma itu, pemain dapat memanfaatkan gerakan khusus robot terbaru bernama Boost Dive, Boost Dash, dan Boost Step. Bahkan, mereka dapat memanggil karakter robot pendukung untuk membantu sebagai back up.

Gundam Versus akan dirilis secara eksklusif di PS4. Gim ini bahkan disebut-sebut akan menjadi salah satu seri Gundam terbaik di versi konsol. Jika kamu penasaran seperti apa serunya pertarungan di Gundam Versus, kamu bisa langsung simak trailer-nya di bawah ini.

(Jek/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Lagi Anggota DPR Terkait Kasus Korupsi e-KTP

Posted: 03 Jul 2017 08:21 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan kembali memanggil sejumlah anggota DPR yang diduga menerima aliran dana korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik, atau e-KTP. Para penghuni Senayan tersebut rencananya akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus, alias Andi Narogong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: