Senin, 17 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kapolda Metro Janji Ungkap Kasus Penangkapan Anak Jeremy Thomas

Posted: 17 Jul 2017 10:11 PM PDT

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menyebut penyidiknya sudah sesuai prosedur saat menangkap putra selebritas Jeremy Thomas, Axel Mathew Thomas, yang diduga terlibat narkoba.

Guna membuktikan hal itu, dia berjanji akan transparan membeberkan proses pengungkapan yang dilakukan jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Bandara Soekarno Hatta.

"Barang buktinya ada. Kita sedang urut, dalam 1-2 hari kita akan jelaskan secara rinci. Kita akan urut dari awal," kata Iriawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Iriawan mengatakan, dirinya tidak akan menutupi bila ada anggotanya yang melanggar hukum atau sewenang-wenang terhadap putra Jeremy Thomas yang mengaku disekap dan dianiaya.

"Jadi, mohon waktunya 1-2 hari. Kami akan jelaskan secara rinci tentang kejadian sebenarnya. Termasuk bila ada anggota kami yang salah akan ditindak," tegas mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini.

Saat ini Propam tidak hanya mendalami laporan terkait dugaan penyekapan dan penganiayaan terhadap Axel, tapi juga mendalami perilaku putra Jeremy Thomas tersebut.

"Propam sedang bekerja untuk internal. Yang eksternalnya sedang medalami perilaku pelaku tersebut," kata Iriawan.

Sejauh ini, polisi belum menentukan status Axel terkait kasus narkoba tersebut. Polisi masih memiliki waktu melakukan penyelidikan sambil mengumpulkan bukti-bukti. "Belum ada penangkapan, dibawa orangtuanya. Kita dalami dulu, kan ada waktu 3x24 jam," ucap Argo.

Sebelumnya beredar kabar, Axel Mathew disekap dan dipukuli oknum anggota Sat Narkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Juli 2017 malam. Jeremy lantas melaporkan peristiwa itu ke Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan membenarkan adanya laporan dari Jeremy. Namun, dia membantah adanya penyekapan dari oknum anggota polisi. Sebab, kasus tersebut masih dalam penyelidikan aparat Subdit Jatanras Polda Metro Jaya dan Divisi Propam Polri.

Rupanya, peristiwa tersebut berkaitan dengan penangkapan dua WNI berinisial JV dan DRW yang kedapatan membawa 1.118 butir happy five di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 14 Juli 2017. Dalam pengembangannya, Axel diduga salah satu pemesan barang haram yang dibawa dari Malaysia itu.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakers Juara NBA Summer League 2017

Posted: 17 Jul 2017 10:10 PM PDT

Meski tak bisa menurunkan Lonzo Ball, Los Angeles Lakers sukses menjadi juara NBA Summer League 2017. Di partai puncak, Lakers mengalahkan Portland Trail Blazers 110-98, Selasa (18/7/2017). 

Bertanding di Las Vegas, Lakers tidak bisa menurunkan pemain pilihan kedua di NBA Draft 2017, Lonzo Ball. Putra LaVar Ball itu mengalami cedera betis sehingga hanya duduk di bangku cadangan.

Tanpa Ball, forward Kyle Kuzma yang jadi bintang lapangan bagi Lakers. Kuzma menorehkan double-double spektakuer, 30 poin dan 10 rebound. Guards Matt Thomas dan Vander Blue menyusul dengan sumbangsih 23 dan 20 poin.

Salah satu aksi Kuzma yang mengundang decak kagum terjadi di penghujung kuarter tiga. Kuzma melakukan buzzer beater tiga poin. Berkat penampilan gemilangnya, Kuzman dinobatkan sebagai MVP Final.

Kesuksesan Lakers makin lengkap karena sebelum laga final dimulai, Ball sudah lebih dulu ditetapkan sebagai MVP Summer League 2017.

Ball dua kali membuat triple double selama berkiprah di NBA Summer League 2017.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Sang Ibu, Pria Ini Pakai Baju Perempuan Selama 20 Tahun

Posted: 17 Jul 2017 10:09 PM PDT

Sebuah video yang menceritakan seorang pria berusia 50-an mengenakan pakaian perempuan selama 20 tahun viral di media sosial China. Ia melakukan hal tersebut untuk membantu ibunya agar sanggup menerima kematian putrinya.

Video yang diunggah oleh Pear Video itu telah ditonton sebanyak 4,2 juta kali di sosial media China Weibo.

Video itu memperlihatkan seorang pria dari Guilin, Guangxi, mengenakan pakaian tradisional China, cheongsam, ketika merawat ibunya yang sudah tua.

Pria itu berkata kepada Pear Video bahwa dirinya mulai memakai baju seperti perempuan setelah ibunya menunjukkan tanda-tanda gangguan jiwa setelah kematian anak perempuannya.

Ketika ia mengenakan pakaian tersebut, ibunya langsung yakin bahwa anak perempuannya telah kembali.

"Ia sangat senang, jadi aku terus melakukannya," ujar pria tersebut seperti dikutip dari BBC, Selasa (18/7/2017).

"Aku mulai hidup seperti perempuan sejak saat itu. Aku tak memiliki pakaian laki-laki," ujar dia.

Dalam video tersebut, sang ibu sempat mengungkapkan komentarnya atas apa yang dilakukan anak laki-lakinya itu. "Ia adalah anak perempuanku. Ketika anak perempuanku meninggal, ia menjadi anak perempuanku."

Pria tersebut mengaku ia tak memikirkan komentar orang-orang atas apa yang ia lakukan demi ibunya. (Pear Video)

Pria tersebut mengaku ia tak memikirkan komentar orang-orang atas apa yang ia lakukan demi ibunya.

"Mengapa aku harus takut orang-orang akan menertawakanku?" ujar dia.

Ribuan orang berkomentar atas posting-an di Weibo itu dan banyak dari mereka menggunakan hashtag #HePosedAsHisDeadSisterFor20Years# -- ia menyaru sebagai saudara perempuannya yang telah meninggal selama 20 tahun.

Beberapa orang memuji pria tersebut dan mengaku tersentuh.

"Untuk membuat ibunya senang, ia memakai baju seperti perempuan selama 20 tahun. Tak penting bagaimana kamu melihat ini, kamu harus memujinya karena rasa baktinya!" ujar seorang pengguna Weibo.

"Ini adalah pria sejati," tulis pengguna lain.

Berbakti kepada orangtua, orang yang lebih tua, dan para leluhur merupakan nilai yang dipegang teguh dalam masyarakat dan budaya China.

Konsep akan nilai tersebut kembali pada 400 SM dan merupakan nilai mendasar Konfusianisme--filosofi etika yang dibuat oleh filsuf China ternama, Konfusius.

Berbakti adalah salah satu kriteria utama yang dipertimbangkan dalam seleksi pejabat pemerintahan sejak Dinasti Han (dari 206 SM hingga 220 M).

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Tinjau Persiapan Atlet Taekwondo dan Voli SEA Games

Posted: 17 Jul 2017 10:05 PM PDT

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bersama Menpora Imam Nahrawi hari ini meninjau persiapan atlet Taekwondo dan Voli untuk SEA Games 2017 dan Asean Games 2018. Mereka didampingi Ketua KOI dan juga Inasgoc Erik Thohir.

Dalam lawatan pertama, pria yang akrab disapa JK itu mengunjungi GOR POPKI Cibubur untuk melihat persiapan atlet Taekwondo. JK mengucapkan terima kasih atas latihan berat yang dijalani atlet, demi mengharumkan nama bangsa.

"Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas latihan-latihan yang begitu berat dan secara kontinyu bertahun-tahun di sini karena hanyalah olahraga dan latihan yang berat dapat mewakili negara," ucap JK di lokasi, Selasa (18/7/2017).

Dalam kesempatan itu, JK mendoakan agar para atlet bisa mendulang prestasi terbaik di SEA Games. Dia menuturkan, Merah Putih sebagai juara dan dibanggakan oleh dunia, berada di tangan para atlet.

"Di sini saya dengan Pak Menteri dan Ketua Asian Games (Inasgoc) serta KOI mengucapkan selamat dan mendoakan semua agar berhasil dan merah putih ada ditangan anda," ungkap JK.

Usai dari Cibubur, Ketua Pengarah Asian Games 2018 itu langsung menuju Sentul, Bogor, untuk melihat persiapan para atlet Voli SEA Games. Dalam kesempatan itu, Wapres disambut Ketua umum PP PBVSI, Imam Sudjarwo.

Wapres RI, Jusuf Kalla (tengah) dan Menpora Imam Nahrawi, serta Ketau KOI, Erick Thohir berfoto bersama atlet taekwondo di pemusatan latihan di Cibubur. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

JK sempat melihat para kemampuan atlet voli pria dan wanita yang sedang berlatih. Di sana dia juga kembali mengingatkan, bahwa kebanggaan Indonesia hanya bisa dibawa oleh para atlet. Sehingga bangsa dan negara dikenal oleh Dunia.

"Tanpa latihan tidak akan tercapai prestasi. Hanya dua yang bisa mengibarkan bendera negara yaitu Presiden dan olahraga (atlet). Wapres tidak. Tentu pemerintah akan mendukung semuanya," JK menandaskan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seberapa Mirip Small MPV Terbaru Mitsubishi dengan XM Concept?

Posted: 17 Jul 2017 10:05 PM PDT

Mitsubishi kini semakin percaya diri dengan produk Small MPV (Multi Purpose Vehicle) terbarunya. Hal ini terlihat dari tiga teaser yang memperlihatkan bagian wajah, samping, dan bokong.

Saat Liputan6.com memenuhi ajakan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk berkunjung ke salah satu markas Mitsubishi Motors Corporation Okazaki Plant di Aichi, Jepang, terlihat pula sosok Small MPV tersebut sedang diuji.

Meski masih tertutup kamuflase, namun jika diraba wujud mobil tersebut memang tak jauh berbeda dari teaser yang saat ini tersebar.

Selain itu, desain tampang mobil ini juga tak jauh berbeda dari XM Concept yang sempat dipajang di sejumlah pameran otomotif di Indonesia.

Kemiripan antara teaser dengan XM Concept memang merupakan janji Mitsubishi. Mereka meyakini 80 persen mobil tersebut akan sama.

Yang membuat beda hanya beberapa bagian saja, salah satunya adalah kombinasi warna, serta bagian spion.

Bagian wajah mobil ini juga terlihat mirip. Lihat saja desain gril memanjang dan tersambung dengan lampu LED yang dibuat pipih, serta penempatan foglamp.

Demikian juga dengan tampang samping, terdapat garis yang memanjang dari pintu hingga dek belakang menyambung ke bagian lampu.

Bagian bokong belakang tak kalah seksi. Tampangnya pun sama antara XM Concept dan teaser. Dilengkapi spoiler agar tak terlihat tepos, lalu desain lampu dibuat sama dengan menggunakan LED dan dibuat mirip huruf L.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Kepala Sekretariat Presiden, Ini Tanggapan Heru Budi Hartono

Posted: 17 Jul 2017 10:04 PM PDT

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta Heru Budi Hartono terpilih menjadi Kepala Sekretariat Presiden (Setpres) menggantikan Dharmansyah Djumala. Heru mengatakan dirinya belum secara resmi menjabat sebagai Kepala Setpres.

"Resminya belum. Ya kemarin keputusan Tim Penilai Akhir (TPA). Tapi saya belum belum tahu, secara resmi belum," ujar dia di Kementerian PUPR, Selasa (18/7/2017).

Mantan bakal calon wagub Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok itu pun meminta didoakan agar pemindahan dia berjalan lancar. "Doakan saja yang baik-baik," imbuh Heru Budi Hartono.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu mengatakan, proses pemindahan dirinya dari PNS DKI ke Sekretariat Presiden membutuhkan waktu.

"Ya nanti tinggal proses administrasi. Kan mungkin perlu waktu perpindahan. NIP (Nomor Induk Pegawai) nasional. Jadi NIP-nya enggak masalah," tandas Heru Budi Hartono.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro: Penangkapan Anak Jeremy Thomas Sesuai Prosedur

Posted: 17 Jul 2017 10:03 PM PDT

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengatakan, penangkapan terhadap anak selebritas Jeremy Thomas, Axel Mathew Thomas, sudah sesuai prosedur. Putra aktor itu diduga terlibat narkoba.

"Sudah dicek, memang sesuai prosedur," kata Iriawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Meski demikian, tidak berarti Polda Metro Jaya mengesampingkan laporan dugaan penganiayaan yang dilaporkan Jeremy Thomas.

"Enggak demikian, kami perdalam lagi (laporan), Propam sedang bekerja, Apapun hasilnya kita akan sampaikan," ujar Iriawan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penangkapan terhadap Axel dilakukan berdasarkan pengembangan kasus penyelundupan narkoba jenis happy five atau H5 di Bandara Soekarno-Hatta. Axel diduga sebagai salah satu pemesan barang haram itu.

"Ada pemesan lima orang, salah satunya anaknya Jeremy Thomas, itu sudah transfer semua," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (17/7/2017).

Karena itu, polisi melakukan penangkapan terhadap Axel Mathew yang diketahui tengah berada di salah satu hotel di Kemang. Namun saat ditangkap, Axel berusaha melarikan diri, hingga terjadi pergumulan antara petugas dan anak artis itu.

"Karena dia lari, dia kita kejar, nah terjadi pergumulan itu. Pergumulan di sana. Namanya bergumul pasti ada lah (luka) di situ," terang dia.

Namun, kegiatan penyidik Satuan Narkoba Polres Bandara Soetta itu justru dilaporkan pihak Axel ke Divisi Propam Polri atas tudingan penganiayaan. Mereka juga sempat melapor ke Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya atas dugaan penyekapan oleh oknum polisi.

Sejauh ini, polisi belum menentukan status Axel terkait kasus narkoba tersebut. Polisi masih memiliki waktu melakukan penyelidikan sambil mengumpulkan bukti-bukti. "Belum ada penangkapan, dibawa orangtuanya. Kita dalami dulu, kan ada waktu 3x24 jam," ucap Argo.

Sebelumnya beredar kabar, Axel Mathew disekap dan dipukuli oknum anggota Sat Narkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Juli 2017 malam. Jeremy lantas melaporkan peristiwa itu ke Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan membenarkan adanya laporan dari Jeremy. Namun, dia membantah adanya penyekapan dari oknum anggota polisi. Sebab, kasus tersebut masih dalam penyelidikan aparat Subdit Jatanras Polda Metro Jaya dan Divisi Propam Polri.

Peristiwa tersebut berkaitan dengan penangkapan dua WNI berinisial JV dan DRW yang kedapatan membawa 1.118 butir happy five di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 14 Juli 2017. Dalam pengembangannya, Axel diduga salah satu pemesan barang haram yang dibawa dari Malaysia itu.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Terlarang Penari Telanjang di Tempat Karaoke Keluarga

Posted: 17 Jul 2017 10:01 PM PDT

Kasubdit IV Renata Polda Jatim memergoki satu penari telanjang sedang berhubungan intim dengan tamunya di dalam ruang karaoke keluarga, Inul Vista Kediri, saat penggerebekan pada Kamis, 13 Juli 2017.

"Empat orang perempuan yang sedang melayani tamu menari telanjang dan salah satu perempuan melayani hubungan intim di ruangan," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera kepada Liputan6.com di Mapolda Jatim, Senin, 17 Juli 2017.

Kabid Humas mengatakan, keempat penari tersebut adalah Popy (32), ‎Wida (31), ‎Rosa (23), dan ‎Echa (26). Mereka tidak ditetapkan menjadi tersangka,  melainkan hanya satu saja tersangkanya, yaitu manajer operasional Inul Vista Kediri, INS.

"Yang jadi tersangka hanya manajer operasionalnya saja, empat penarinya hanya menjadi saksi," katanya.

Sebelumnya, Kabid Humas menjelaskan modus operandi yang dilakukan oleh tersangka INS adalah menyediakan pemandu lagu freelance untuk menemani tamu di karaoke Inul Vista di Kediri Mall lantai 3, Jalan Hayam Wuruk No 46, Kota Kediri.

"Tarifnya Rp 100 ribu per jam dengan minimal booking tiga jam," ucapnya.

Selain menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka kasus layanan tari telanjang, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya uang tunai senilai Rp 9,6 juta, lima buah ponsel, satu bundel surat perjanjian, selembar fotokopi surat izin tentang usaha pariwisata dan satu bundel bill room.

"Tersangka dijerat Pasal 296 dan 506 KUHP dengan ancaman kurungan paling lama 1 tahun penjara," ujarnya.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Jorjoran Kejar Belotti

Posted: 17 Jul 2017 10:00 PM PDT

AC Milan telah menyiapkan strategi khusus untuk mendapatkan penyerang Torino, Andrea Belotti. Selain menawarkan uang 50 juta euro atau setara Rp 765 miliar, AC Milan juga menyodorkan dua pemainnya kepada Torino sebagai tambahan.

Mereka adalah M'Baye Niang dan Manuel Locatelli. Keduanya tak masuk dalam rencana AC Milan menyusul kedatangan banyak pemain baru di bursa transfer musim panas ini. 

Untuk Niang, memang sudah lama tak terpakai dan sering dipinjamkan ke klub lain. Namun, yang mengejutkan adalah Locatelli. Sebab, remaja 19 tahun itu termasuk salah satu jebolan akademi kebanggaan AC Milan, bersama dengan Gianluigi Donnarumma.

Bila Torino belum puas, AC Milan juga bersedia menambah "upetinya". Rossoneri bersedia melepas Gabriel Paletta, meski saat ini tengah diminati Fiorentina. 



Namun, belum diketahui apakah Torino akan luluh dan menyerahkan Belotti kepada Milan. Penyerang 23 tahun itu terikat klausul pelepasan senilai 100 juta euro. Itu pun hanya berlaku bagi klub luar Italia. Bagi klub-klub Negeri Piza, yang berniat membelinya, Torino sampai saat ini belum pernah mengumumkan banderolnya.

Milan kini menjadi favorit untuk mendapatkan Belotti karena pesaing utamanya, Chelsea, kini dikabarkan fokus mengejar striker Manchester City, Sergio Aguero. Belotti masuk dalam daftar buruan Milan selain penyerang Real Madrid, Alvaro Morata dan bomber Borussia Dortmund, Pierre Emerick Aubameyang.

Untuk Morata, Milan juga telah mengajukan penawaran fantastis, yakni 70 juta euro plus gaji 10 juta euro per musim. Sementara untuk Aubameyang, Diavolo harus membayar setidaknya Rp 1 triliun.

 

Lebih jauh, di tengah upaya mendapatkan penyerang baru, striker lama Milan, Gianluca Lapadula dikabarkan tengah di ambang pintu keluar San Siro. Striker 27 tahun itu akan segera bergabung dengan Genoa. Dilansir dari Sky, Genoa akan meminjam Lapadula dengan biaya 2 juta euro, dengan opsi mempermanenkan senilai 11 juta euro.

Lapadula bahkan sudah menjalani pemeriksaan medis bersama Genoa, tapi gagal. Rencananya, mantan penyerang Pescara itu akan menjalani pemeriksaan medis yang kedua hari ini. *

(Abul Muamar)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beruang Air, Si Mungil yang Bisa Hidup di Planet Lain

Posted: 17 Jul 2017 10:00 PM PDT

Jangan bayangkan beruang air bertubuh besar dan kuat sehingga bisa hidup di planet lain. Tubuhnya justru sangat mungil. Meski berukuran sangat imut, tidak membuat beruang air atau tardigrade menjadi hewan yang lemah.

Hewan berkaki delapan yang punya panjang badan hanya 1 mm itu bisa bertahan hidup dan akan terus berkembang biak hingga 10 miliar tahun dalam kondisi ekstrem.

Sebut saja, padang pasir yang tandus atau dalam suhu dingin seperti di benua Antartika. Hebatnya, hewan kecil ini juga akan tetap hidup ketika Matahari sebagai pusat tata surya mati, 5 miliar tahun mendatang. Bahkan, tardigrade diprediksi bisa hidup di planet lain.

Organisme yang dapat ditemukan di seluruh dunia itu, juga bisa hidup di ruang vakum antariksa selama beberapa hari dan hidup hingga 30 tahun tanpa makanan dan air.

Ketika berada dalam kondisi beku, tardigrade akan memasuki keadaan yang disebut cryptobiosis. Dalam kondisi itu, proses metabolismenya akan dimatikan dan tak menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Hal serupa juga berlaku saat mereka berada dalam kondisi benar-benar kering. Mereka bisa berada pada keadaan tersebut sebelum dihidupkan kembali.

Dilansir dari The Telegraph, Senin 17 Juli 2017, peneliti dari Oxford dan Harvard University menemukan kemampuan menakjubkan tardigrade, membuat mereka dapat bertahan hidup dari bencana yang dapat melenyapkan seluruh kehidupan di Bumi.

Faktanya, kekuatan yang dapat membahayakan tardigrade, seperti asteroid, ledakan bintang, supernova, atau radiasi sinar gamma tak akan terjadi sebelum Matahari mati.

Hal tersebut menunjukkan tardigrade akan dapat terus bertahan hidup meski manusia sudah tak ada di Bumi. Sementara manusia, tak dapat hidup tanpa Matahari. Hal itu memperlihatkan tardigrade juga dapat hidup di planet yang paling tandus dan tak bersahabat.

"Kehidupan di planet itu dapat berlanjut dalam waktu yang lama setelah manusia hilang," ujar Dr Rafael Alves Batista dari Departemen Fisika di Oxford University, seraya menambahkan, ada kemungkinan beruang air itu dapat hidup di planet selain Bumi.

"Dalam konteks ini, ada kasus nyata untuk mencari kehidupan di Mars atau di wilayah lain di tata surya pada umumnya. Jika tardigrade adalah spesies di Bumi paling tahan banting, barangkali ada keberadaan mereka di luar sana."

Salah satu ancaman bagi tardigrade adalah peristiwa apokaliptik yang akan menyebabkan samudra di Bumi mendidih. Namun, para ilmuwan menemukan  hanya ada puluhan asteroid dan planet kerdil bermassa sesuai yang dapat menyebabkan samudra mendidik jika ia menabrak Bumi.

Selain itu, ledakan bintang yang dapat mendidihkan samudra dan bisa memusnahkan tardigrade harus berjarak 0,14 tahun cahaya. Namun, bintang terdekat baru berjarak empat tahun cahaya dari Matahari, sehingga jika meledak, hal itu tak akan membahayakan tardigrade.

Ledakan dahsyat energi elektromagnetik atau dikenal dengan semburan sinar gamma yang diduga akan terjadi jika bintang neutron bertabrakan atau lubang hitam terbentuk, dapat menjadi ancaman bagi tardigrade. Namun, hingga saat ini tidak ada yang cukup dekat untuk menghapus spesiesnya.

"Kami menemukan meskipun supernova terdekat atau hantaman asteroid besar dapat memusnahkan manusia, tardigrade tak dapat terdampak. Oleh karena itu, tampaknya kehidupan setelah itu berjalan, sulit untuk memusnahkan seluruhnya," kata Dr David Sloan, co-author dan Post-Doctoral Research Associate di Departemen Fisika Oxford University.

Kira-kira, apa lagi ya hewan yang bisa sekuat tardigrade?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semangat Para Peserta Ikuti Kompetisi Panjat Pohon Kelapa

Posted: 17 Jul 2017 10:00 PM PDT

Peserta saat memanjat pohon kelapa di Papeete, Polinesia (15/7). Para peserta yang ikut dalam kejuaraan ini berasal dari Polinesia Prancis (yang terdiri dari dari lima kepulauan yakni Tahiti, Bora Bora, Huahine dan Australes). (AFP Photo/Gregory Boissy)

Peserta saat memanjat pohon kelapa di Papeete, Polinesia (15/7). Para peserta yang ikut dalam kejuaraan ini berasal dari Polinesia Prancis (yang terdiri dari dari lima kepulauan yakni Tahiti, Bora Bora, Huahine dan Australes). (AFP Photo/Gregory Boissy)

Seorang pria menunjukkan lembing yang menancap pada kelapa saat kompetisi panjat pohon kelapa di Papeete, Polinesia (15/7). Kompetisi ini diikuti peserta hingga kepulauan di Samudera Pasifik, Hawaii dan Kepulauan Samoa. (AFP Photo/Gregory Boissy)

Seorang pria menunjukkan lembing yang menancap pada kelapa saat kompetisi panjat pohon kelapa di Papeete, Polinesia (15/7). Kompetisi ini diikuti peserta hingga kepulauan di Samudera Pasifik, Hawaii dan Kepulauan Samoa. (AFP Photo/Gregory Boissy)

Gambar yang diambil pada tanggal 15 Juli 2017 menunjukkan sebuah kelapa saat kompetisi lempar lembing di kelapa di Papeete, Polinesia. Kompetisi lemparan lembing di kelapa ini adalah olahraga tradisional di Polinesia Prancis. (AFP Photo/Gregory Boissy)

Gambar yang diambil pada tanggal 15 Juli 2017 menunjukkan sebuah kelapa saat kompetisi lempar lembing di kelapa di Papeete, Polinesia. Kompetisi lemparan lembing di kelapa ini adalah olahraga tradisional di Polinesia Prancis. (AFP Photo/Gregory Boissy)

Peserta berusaha memanjat pohon kelapa saat mengikuti kejuaraan dunia pertama panjat pohon kelapa di Papeete, Polinesia (15/7). Kompetisi ini juga sebagai bagian dari festival budaya besar bagi orang Polinesia. (AFP Photo/Gregory Boissy)

Peserta berusaha memanjat pohon kelapa saat mengikuti kejuaraan dunia pertama panjat pohon kelapa di Papeete, Polinesia (15/7). Kompetisi ini juga sebagai bagian dari festival budaya besar bagi orang Polinesia. (AFP Photo/Gregory Boissy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khansa, Bocah Perempuan Penakluk 7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Posted: 17 Jul 2017 10:00 PM PDT

Berusia 10 tahun, Khansa Syahlaa, bocah cilik perempuan yang baru duduk di bangku kelas 5 SD telah berhasil mencapai puncak tertinggi Cartens Pyramid.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (17/7/2017), pada 15 Juli 2017 pukul 16.00, Khansa dikabarkan telah berhasil mencapai puncak gunung Cartenz Pyramid di Papua yang memiliki tinggi mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Pendakian ini dilakukan untuk melengkapi penjelajahannya mencapai tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia, sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai pendaki cilik perempuan yang menjadi "7 Summiter of Indonesia".

 Berusia 10 tahun, Khansa Syahlaa, bocah cilik yang baru duduk di bangku kelas 5 SD telah berhasil mencapai puncak tertinggi Cartens Pyramid.

Khansa dalam jumpa pers di hadapan wartawan di Jakarta juga mengungkapkan rasa bahagianya berhasil menaklukkan tujuh gunung tersebut.

"Seneng banget pastinya bisa capai Gunung Cartenzs, kembali ke Jakarta lagi," ungkap Khansa. 

Dikenal sebagai kawasan pertemuan tiga lempeng teknotik, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik, membuat Indonesia memiliki banyak gunung api, dan tujuh di antaranya masuk dalam kategori "The Seven Summits of Indonesia".

Berikut tujuh gunung tertinggi di Indonesia yang telah berhasil ditaklukan Khansa Syahlaa.

Gunung Semeru, Puncak Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Semeru atau Puncak Mahameru berhasil dijamahi Khansa Syahlaa pada 26 April 2015. Gunung yang berada di Propinsi Jawa Timur, tepatnya masuk di antara dua kabupaten Malang dan Lumajang ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut.

Puncak Rantemario, Gunung Latimojong

Latimojong merupakan gunung teertinggi yang ada di Pulau Sulawesi. Puncaknya yang berada pada ketinggian mencapai 3.478 meter di atas permukaan laut berhasil ditaklukan Kansha pada 26 April 2015. Gunung Latimojong sendiri bukan gunung berapi yang terletak di kawasan Enrekang, Sulawesi Selatan.

Gunung Kerinci

Siapa yang tidak tahu "keangkeran" gunung tertinggi yang ada di Pulau Sumatera ini? Gunung Kerinci yang puncaknya berada pada ketinggian 3.800 meter di atas permukaan laut ini berhasil dijamahi Khansa pada 26 Maret 2016. Gunung berapi ini berada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi.

Gunung Binaiya

Khansa berhasil ada di puncak Binaiya, gunung tertinggi di Kepulauan Maluku ini pada 13 Juli 2016. Puncak Gunung Binaiya berada pada ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut. Gunung Binaiya berlokasi di Pulau Seram, yang secara administrasi masuk dalam kawasan Kabupaten Maluku Tengah.

Gunung Rinjani

Semua orang pasti tahu keindahan gunung yang satu ini. Rinjani yang merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung yang ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini berhasil ditaklukan Khansa pada 25 Juli 2016.

Gunung Bukit Raya

Tercatat, puncak gunung tertinggi di Kalimantan sebenarnya adalah Gunung Kinabalu, namun gunung tersebut masuk dalam kawasan negara Malaysia. Puncak tertinggi dalam "The Seven Summits of Indonesia" dari Kalimantan ada di Gunung Bukit Raya. Gunung dengan ketinggian mencapai 2.278 meter di atas permukaan laut ini berhasil dijamahi Khansa pada 11 November 2016.

Gunung Cartenzs Pyramid

Belum lama ini, yaitu pada Sabtu 15 Juli 2017, Khansa berhasil menaklukan Gunung Cartenzs yang merupakan puncak gunung tertinggi di Papua. Gunung yang merupakan bagian dari Pegunungan Maoke ini memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Puncak Cartenzs atau Puncak Jaya sendiri merupakan puncak tertinggi di Indonesia, selain juga menjadi salah satu dari Seven Summit di tujuh benua versi Reinhold Messner.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Perbedaan Antara Depresi Laki-Laki dan Perempuan

Posted: 17 Jul 2017 10:00 PM PDT

Depresi mempengaruhi laki-laki dan perempuan secara berbeda. Hal ini disebabkan efek yang berbeda terhadap aktivitas di daerah otak tertentu. Seperti apa perbedaan efek depresi pada laki-laki dan perempuan?

Penelitian menunjukkan bahwa pada usia 15 tahun, anak perempuan lebih mudah depresi dibandingkan anak laki-laki. Hal ini dipengaruhi fluktuasi hormon dan faktor genetik, seperti dikutip dari laman Boldsky, Selasa (18/7/2017).

Perbedaan antara jenis kelamin tidak hanya mempengaruhi risiko depresi, melainkan juga efeknya.

"Laki-laki cenderung menderita depresi secara terus-menerus, sedangkan wanita cenderung lebih episodik," kata Jie-Yu Chuang, seorang peneliti di University of Cambridge.

Efeknya, laki-laki yang mengalami depresi cenderung mengalami konsekuensi serius dari depresi yang mereka alami, seperti penyalahgunaan obat dan rentan melakukan bunuh diri.

Selain itu, penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Frontiers in Psychiatry mengungkapkan perbedaan depresi pada remaja laki-laki dan perempuan. Riset dilakukan terhadap 82 pasien perempuan dan 24 laki-laki yang mengalami depresi, 24 perempuan dan 10 laki-laki sehat yang berusia antara 11-18 tahun.

Para periset menguji remaja yang mengalami depresi dengan kata-kata bahagia dan sedih untuk mencitrakan kondisi otak mereka. Hasilnya menunjukkan, depresi mempengaruhi aktivitas otak secara berbeda antara anak laki-laki dan perempuan.

"Hasil ini memberikan manfaat untuk memperbaiki strategi pencegahan dan penanganan khusus untuk depresi pada awal masa remaja. Dengan ini diharapkan penyakit dapat diatasi sebelum anak semakin dewasa dan depresi semakin memburuk," tutup Chuang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Lengket, Ini Permintaan Krisdayanti pada Syahrini

Posted: 17 Jul 2017 10:00 PM PDT

Hubungan Krisdayanti dan Syahrini tampaknya makin lengket saja. Wanita yang sama-sama pernah punya cerita dengan Anang Hermansyah itu kini bak kakak beradik.

Krisdayanti pun tak lupa mengabadikan pertemuannya dengan pelantun "Aku Tak Biasa" itu ke Instagram pribadinya, Selasa (18/7/2017). Wanita yang akrab disapa KD itu mengunggah sebuah video singkat dengan menggunakan filter lucu di Instagram.

 Krisdayanti dan Syahrini

Syahrini dan Krisdayanti tampak saling melepas rindu setelah beberapa lama tak berjumpa di sebuah kesempatan. "I miss you (aku merindukanmu)," ujar Syahrini.

"Miss you too (kangen kamu juga)," balas Krisdayanti yang kemudian disambut tawa dari keduanya.

Saking lengketnya, Krisdayanti punya sebuah permintaan pada Syahrini. Istri Raul Lemos itu ingin Syahrini meminta restu kepadanya jika pemilik jargon 'sesuatu' ini akan menikah kelak.

"Pokoknya jodohnya @princessyahrini harus restu mamah ,miss pettirr @syh55 & restuku hahahha," tulis Krisdayanti di keterangan video.

 

Mimiku @krisdayantilemos !!! #PrincesSyahrini #IndonesianSingers

A post shared by Syahrini (@princessyahrini) on

Seperti diketahui, hingga saat ini Syahrini masih menikmati masa lajangnya. Ia sempat dekat dengan mantan suami Krisdayanti, Anang Hermansyah, beberapa tahun silam.

Sayangnya, kedekatan Syahrini dengan Anang hanya sebatas rekan duet. Hingga akhirnya mantan suami Krisdayanti itu memilih menikah dengan Ashanty pada tahun 2012 lalu.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Perangkat Kecil Ini Bisa Rekam Semua Panggilan di iPhone

Posted: 17 Jul 2017 10:00 PM PDT

Pengguna iPhone mungkin mengalami kesulitan saat hendak merekam panggilan melalui perangkatnya. Sebenarnya, pengguna bisa merekam dengan aplikasi berbayar tapi perekaman panggilan dengan aplikasi biasa saja bersifat terbatas.

Selain itu, cara lainnya cukup rumit, yakni dengan menggunakan recorder dan merekam suara panggilan yang di-loud speaker.

Kini, pengguna iPhone tak perlu kebingungan saat hendak merekam panggilan, yakni dengan kehadiran perangkat bernama PhotoFast.

Mengutip laman The Verge, Selasa (18/7/2017), PhotoFast merupakan sebuah adaptor perekam panggilan.

Cara menggunakannya cukup mudah, perekam panggilan ini dipasang ke Lightning port di iPhone. Kemudian perangkat bisa merekam semua jenis panggilan, mulai dari panggilan telepon, sambungan Skype dan berbagai panggilan dari aplikasi chatting. 

Output dari perekam panggilan ini berupa file berformat .m4a dan pengguna pun bisa memilih ruang penyimpanan yang diinginkan, bisa di penyimpanan internal maupun kartu microSD.

Untuk merekam panggilan telepon masuk, pengguna hanya perlu menekan tombol Record pada perekam panggilan. Setelah ditekan, panggilan masuk pun otomatis langsung terekam.

Uniknya, perangkat ini juga dilengkapi dengan jack headphone 3,5mm. Produk ini tersedia dengan harga US$ 125 atau sekitar Rp 1,6 jutaan di marketplace Indiegogo. Sayang, tak jelas apakah perekam ini bisa dikirim hingga Indonesia.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa 2 Pejabat BPK Terkait Kasus Suap Opini Kemendes

Posted: 17 Jul 2017 09:59 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Anggota VII BPK Eddy Mulyadi Soepardi, Selasa hari ini. Eddy diperiksa sebagai saksi atas tersangka Rochmadi Sapto Giri (RSG) dalam kasus suap pejabat BPK terkait pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) di Kementerian Desa 2016.

"Diperiksa sebagai saksi, tindak pidana korupsi suap terhadap pejabat BPK-RI terkait dengan pemberian opini WTP di Kemendes PDTTA 2016," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (18/7/2017).

Selain Eddy, Ali Sadli Kepala Sub Auditorat III B.2 BPK juga dipanggil KPK dalam kapasitas saksi dalam kasus yang sama.

"Ali Sadli dipanggil sebagai saksi tersangka SUG," lanjut Febri.

Selain menghadirkan dua saksi untuk kasus tersebut, KPK juga memanggil tersangka Jarot Budi Prabowo (JBP) PNS kepala bagian TU dan Keuangan Itjen Kemendes PDTT.

Kasus suap ini diungkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat 26 Mei 2017 di gedung BPK dan Kemendes PDTT. KPK mengamankan empat orang dalam OTT tersebut, yakni SUG (Sugito) selaku Irjen Kemendes, JBP (Jarot Budi Prabowo) eselon 3 Kemendes, RSG (Rochmadi Sapto Giri) eselon 1 di BPK dan ALS (Ali Sadli) auditor BPK.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Benahi Data Warga yang Berhak Dapat Subsidi Listrik

Posted: 17 Jul 2017 09:59 PM PDT

Pemerintah perus mematangkan rencana penyaluran subsidi listrik secara langsung ke masyarakat dengan menggunakan kartu elektronik. Cara penyaluran ini agar subsidi bisa tepat sasaran. diterima oleh pihak yang berhak.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, ‎untuk menyalurkan subsidi langsung, pemerintah masih menunggu data yang akurat siapa saja yang berhak menerima subsidi listrik.

Penyempurnaan data tersebut ditargetkan selesai sampai Oktober mendatang. "Jadi datanya diperkirakan selesai pada Oktober,‎" ucap Andy, di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Pemerintah masih melakukan penyempurnaan data. Pasalnya, ketepatan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) hanya 85 persen. "Ada data TNP2K tapi reliability sampai 85 persen," tutur Andy.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mengungkapkan industri perbankan sudah siap untuk turut serta berperan dalam penyaluran subsidi tepat sasaran dengan sarana kartu.

Direktur Program Elektronifikasi dan Inklusi Keuangan BI Pungky Purnomo Wibowo mengatakan, pemerintah memiliki program penyaluran subsidi Elpiji dan listrik tepat sasaran. Salah satu cara untuk menyalurkan subsidi tepat sasaran adalah dengan menyalurkan lewat kartu elektronik yang diterbitkan industri perbankan dengan Kementerian Sosial.

Sejauh ini infrastruktur perbankan sudah sangat siap untuk menjalankan kebijakan penyaluran subsidi Elpiji dan listrik yang terintegrasi dalam satu kartu dengan bantuan sosial.

"Untuk yang integrasi subsidi Elpiji dan listrik itu sepertinya bukan suatu hal yang berat untuk dijalankan, karena dari sisi pembayaran perbankan kita siap ," papar Punky.

Infrastruktur yang disiapkan berupa 25,7 juta kartu sesuai jumlah masyarakat yang berhak menerima subsidi listrik dan Elpiji. Selain itu juga menyiapkan 150 ribu agen di seluruh Indonesia untuk melayani masyarakat mendapatkan subsidi.

"Dari sisi perbankan sudah sangat siap, agen juga yang ada di bawah BI dan OJK sekarang kurang lebih sudah ada 150 ribu agen. Kita siap untuk seluruh Indonesia," tutup Punky.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap PNS Riau saat Pesta Sabu di Pulogadung

Posted: 17 Jul 2017 09:53 PM PDT

Aparat Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Timur menangkap Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov Riau saat pesta narkoba jenis sabu. PNS berinisial RBF itu ditangkap di Jalan Plapon, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur pada Minggu, 16 Juli 2017.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengatakan, pihaknya mendapati barang bukti berupa 1 gram sabu dari tangan RBF. Selain RBF, polisi juga mengamankan lima orang lainnya yakni PH, RF, OSA, KPW, dan MA.

"Total dari tangan para pelaku kami dapatkan 40 gram sabu," ujar Andry saat dikonfirmasi, Selasa (18/7/2017).

Andry menjelaskan, penggerebekan itu bermula dari informasi masyarakat yang menyebut bahwa lokasi tersebut kerap dijadikan sebagai tempat pesta narkoba.

Polisi lantas menindaklanjuti laporan tersebut dan menggerebek enam orang, dengan tiga di antaranya tertangkap tangan sedang mengonsumsi sabu.

"Setelah digerebek, tiga orang laki-laki sedang mengonsumsi narkotika jenis sabu," ucap dia.

Selain itu, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti alat hisap dan sabu seberat 40 gram. Saat ini, keenam pelaku ditahan di Mapolres Metro Jakarta Timur untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Memilih Cat Interior yang Sehat dan Berkualitas

Posted: 17 Jul 2017 09:51 PM PDT

Warna cat tembok interior bisa memengaruhi psikologis,  suasana hati, hingga kondisi kesehatan  penghuni rumah. Karena itu memilih produk cat dan memberikan sentuhan warna yang tepat pada tembok rumah, bisa membuat Anda nyaman dalam beraktivitas maupun beristirahat bersama keluarga. Salah satunya ditentukan dalam pemilihan produk cat untuk kebutuhan interior. Simak tips dari Rumah.com berikut ini.

Pilih yang Sehat

Isu utama yang harus diperhatikan dalam pemilihan produk cat tembok  interior adalah adanya merkuri maupun zat timbal yang terkandung dalam komponen dasar pembuat cat.  World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia menyebut jika paparan merkuri pada tubuh manusia berkontribusi besar pada peningkatan penyakit gangguan pernapasan, kerusakan pembuluh darah, penurunan kecerdasan otak anak, kanker, alzheimer, gangguan saraf, hingga penyakit jantung.

Untuk mengetahui baik atau buruk kandungan kimia di dalam suatu produk cat bisa diketahui dengan mengukur kadar Volatile Organic Compound (VOC) atau kandungan senyawa organiknya.  Senyawa ini berbentuk gas yang dipancarkan dari bahan cair maupun padat. Penggunaan VOC yang melebihi ambang batas akan mengubah cat tembok menjadi zat perusak kesehatan.

Bau menyengat yang tercium saat tembok baru selesai dicat merupakan indikasi dari tingginya kadar VOC dalam produk cat tersebut.  Bau tersebut biasanya tak mudah hilang meski lapisan catnya sendiri sudah mengering. Untuk kondisi di dalam ruangan, konsentrasi VOC bahkan bisa meningkat dua hingga lima kali lipat dibandingkan di luar ruangan.

Untuk menghindari hal buruk tersebut terjadi pada Anda dan keluarga, pastikan untuk menggunakan produk cat tembok yang tidak mengandung merkuri. 

Pilih yang Berkualitas

Hampir semua produk cat memiliki warna-warna yang indah dan beragam namun tidak semua produk-produk tersebut mampu mempertahankan keindahan warnanya dalam jangka waktu lama.  Artinya, hal ini tergantung pada kualitas dan kehebatan dari masing-masing produk cat tembok tersebut.

Memilih cat tembok berkualitas untuk interior rumah Anda sangat penting. Karena Anda dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah yang tentu menginginkan warna-warna tembok di dalam rumah seperti selalu baru, tak pudar, sehingga selalu menampilkan keindahan di mata saat dipandang.   

Beberapa produk cat dengan kualitas rendah biasanya mudah mengelupas dan pudar. Saat disapukan ke tembok, cat juga susah melekat dan menutupi lapisan warna sebelumnya. Akibatnya Anda harus berulang-ulang kali melakukan pengecatan. Ujung-ujungnya akan lebih banyak jumlah kaleng cat yang harus Anda habiskan. Anda pun harus lebih banyak lagi mengeluarkan uang.

Tinggi atau rendahnya kualitas suatu produk cat interior ditentukan oleh bahan resin yang digunakan sebagai komponen dasar campuran pembuat produk cat tersebut. Produk cat dengan kualitas bahan resin terbaik menghasilkan daya sebar dan daya tutup bagus dan merata.  Cat tembok dengan bahan resin yang baik mampu melekat dengan sempurna pada dinding sehingga bisa membuat warna selalu tampak baru, tidak mudah pudar dan mengelupas, serta tahan lama.

Penggunaan bahan resin dengan kualitas terbaik juga bisa menjadikan cat sebagai pelindung terbaik untuk tembok rumah. Sehingga jamur dan lumut tak mudah tumbuh serta mengotori dinding rumah Anda.

Pahami Cara Pengggunaannya

Membaca aturan penggunaan yang tercantum pada kaleng kemasan atau brosur produk cat seringkali dianggap sepele. Padahal, hal ini bisa membantu Anda mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna.

Ikuti beberapa tahapan berikut:

  • Sebelum mulai menyapukan cat, pastikan dulu tembok Anda sudah kering dan bersih. Hilangkan semua debu yang menempel dan cat lama yang terkelupas. Untuk menghilangkan jamur, lumut, atau kotoran yang membandel, gunakan larutan kaporit 10 % dan fungicidal wash atau penghilang jamur.
  • Untuk pengecatan pada tembok baru, pastikan tembok benar-benar kering sempurna (kadar air 17-19%). Sementara untuk pengecatan pada tembok lama, jika daya lekat dan kondisi cat lama masih bagus, bisa langsung ditimpa dengan cat baru.
  • Untuk meratakan lapisan tembok dan menghilangkan cat lama yang sudah mengalami pengapuran, bisa dilakukan dengan pengamplasan. Anda bisa menggunakan sealant atau adukan semen dan pasir untuk menambal bagian yang retak atau bolong.
  • Untuk mengencerkan cat, gunakan campuran air sebanyak 20% untuk lapisan pertama dan 10 % untuk lapisan kedua. Aduk cat dalam kaleng dengan rata sebelum disapukan ke tembok. Kepadatan kuas cat memengaruhi daya sebar dan daya rata pengecatan.
  • Lamanya proses pengeringan tergantung pada ketebalan lapisan cat, suhu ruangan, serta ketersediaan sirkulasi udara. Normalnya membutuhkan antara 2-4 jam.
  • Agar cat tersisa dalam wadah tak mudah mengering dan bisa digunakan kembali, pastikan Anda menutup rapat-rapat wadah, simpan di tempat kering dan sejuk, serta tak terkena sinar matahari langsung.

Ingin turut menjaga kelestarian lingkungan? pilih produsen cat tembok yang sudah mengantongi standar ISO 14001.

Foto : Pixabay

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Rossi, Ini 2 Kandidat Juara MotoGP Versi Checa

Posted: 17 Jul 2017 09:45 PM PDT

Melihat situasi di klasemen, persaingan menuju takhta juara dunia MotoGP 2017 masih terbuka bagi banyak pembalap. Namun, menurut mantan pembalap MotoGP, Carlos Checa, hanya ada dua pembalap yang paling berpeluang jadi juara.

MotoGP 2017 tak jauh berbeda dengan musim 2016. Pasalnya, ada banyak kejutan yang telah tercipta hingga balapan kesembilan atau paruh musim. Pembalap-pembalap top pun tak mampu mendominasi di setiap balapan.

Tercatat, sudah ada lima pembalap yang merebut podium juara hingga kini. Lalu, pembalap-pembalap debutan dan tim satelit pun sudah mulai rutin naik podium. Sebut saja dua pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan Jonas Folger, serta pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci.

Marc Marquez yang menjadi juara paruh musim pun tidak dalam kondisi yang aman. Koleksi 129 poin The Baby Alien hanya unggul lima poin atas pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Vinales juga hanya unggul satu poin atas pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan lima poin atas rekan setimnya, Valentino Rossi.

Carlos Checa yang menjadi pembalap MotoGP pada 1995-2007 dan 2010 pun mengungkapkan prediksinya. "Saya tidak yakin karena paket Vinales di Yamaha berbeda dari kombinasi Marquez dan Honda. Tentu mereka adalah dua pembalap paling berbakat," ujar Checa, seperti dikutip Speedweek.



"Ini akan menjadi tentang siapa yang bisa mengelola mesinnya lebih baik, memahami ban lebih baik dari cerdik dalam pertempuran. Kita akan melihat siapa yang paling konsisten tahun ini. Kita memang tak boleh lupa dengan pembalap lain meski perasaan saya mengatakan Marquez atau Vinales," ia menambahkan.

Checa juga menyebut banyaknya faktor kejutan ikut mempengaruhi peluang soal perebutan gelar. Hingga kini, hanya Marquez yang mampu tampil konsisten dalam tiga balapan beruntun. Buktinya, ia meraih podium pada tiga balapan terakhir sebelum paruh musim.

"Masalahnya adalah kekuatan Anda dalam perlombaan mungkin menjadi kelemahan pada balapan berikutnya. Semua pembalap tahu itu. Di Barcelona, Vinales lemah, di Le Mans ia menang. Semuanya bisa berubah dengan sangat cepat," kata Checa yang juga sempat berkiprah di World Superbike (WSBK) pada 2008-2013 itu.

Maverick Vinales saat memenangkan MotoGP Prancis 2017 di Sirkuit Le Mans. (AP Photo/David Vincent)

"Tentu Marquez adalah pembalap yang sangat agresif yang mengambil risiko besar, terutama saat berjuang untuk kemenangan, mungkin lebih Vinales. Tapi apakah Honda akan kompetitif pada semua seri, saya tidak yakin. Keduanya sangat berbakat dan memiliki karakter kuat," jelasnya. *

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sambut Baik Pembentukan Densus Antikorupsi Polri

Posted: 17 Jul 2017 09:43 PM PDT

Rencana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Anti-Korupsi Polri untuk menangani korupsi, disambut baik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua KPK Laode Syarif mengapresiasi rencana tersebut dan tidak merasa tersaingi.

"KPK tidak merasa tersaingi dengan akan dibentuknya Densus Antikorupsi," kata Syarif saat dikonfirmasi, Selasa (18/7/2017).

Laode mengatakan bila Densus Antikorupsi sudah terbentuk, KPK sebagai lembaga antirasuah tetap bekerja sesuai amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, serta aturan lain menyangkut pemberantasan korupsi.

"KPK akan tetap bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya, sebagaimana yang tertuang dalam UU KPK dan undang-undang lain yang menjadi tanggung jawab KPK," kata dia.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan pihaknya masih menggodok Densus Antikorupsi. Menurut dia, Densus Antikorupsi tidak bertujuan menandingi KPK.

"Sekarang kami lagi menyusun bentuknya seperti apa. Intinya, kami bukan ingin menyaingi KPK, tidak," ujar Tito di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin 17 Juli 2017.

 

Saksikan video menarik berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apakah NPWP Jadi Aktif Otomatis Saat Bayar BPJS Bulanan?

Posted: 17 Jul 2017 09:41 PM PDT

Kepada Tim Konsultasi Pajak,

Saya ingin menanyakan mengenai status nomor pokok wajib pajak (NPWP). Saat ini status NPWP yang non efektif karena sudah lama tidak bekerja, tetapi saya ingin membuat BPJS Kesehatan dan rekening di bank. Pertanyaannya, apakah dengan mengisi nomor NPWP di formulir BPJS Kesehatan dan pembukaan rekening, NPWP saya akan menjadi aktif secara otomatis saat melakukan pembayaran bulanan BPJS Kesehatan?

 

Terimakasih,

 

 


bundaxxxx@gmail.com

 

 

 

Jawaban:

 

Yth. Saudari Dita,

NPWP non-efektif otomatis akan kembali aktif apabila Saudari melakukan pembayaran pajak dan pelaporan SPT. Jika Saudari mencantumkan NPWP hanya untuk pengisian formulir BPJS dan pembukaan rekening bank, NPWP Saudari tetap akan non-efektif sepanjang tidak ada pembayaran pajak dan pelaporan SPT.


Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,

 

Fitrah Purnama Megawati, S.Sos

Citas Konsultan Global

 

Logo Citasco

 

www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Ajak Umat Islam Bersatu dalam Amal

Posted: 17 Jul 2017 09:41 PM PDT

 

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan berharap umat Islam bisa bersatu dalam amal, menyingkirkan perbedaan dan utamakan persamaan.

"Bayangkan kalau umat bersatu berlomba lomba dalam kebaikan membangun fasilitas untuk masyarakat. Jadi sudahi ribut hal hal yang tidak perlu diperdebatkan dan mari berlomba dalam amal," ujar Zulkifli saat didaulat meresmikan Gedung V dan Perintisan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) di Jalan Adam Malik Pagardewa, Bengkulu, Jum'at (14/7) lalu.

Hadir mendampingi Ketua MPR Zulkifli Hasan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rektor Universitas Bengkulu Ahmad Dasan bersama civitas akademik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Menurutnya pembangunan layanan pendidikan dan kesehatan dari Muhammadiyah ini adalah bukti bahwa Islam adalah rahmat untuk semua

"Kampus dan rumah sakit ini berdiri untuk melayani semua tanpa kecuali. Jadi jelas bukti bahwa Islam adalah rahmatan lil'alamiin, jauh dari stigma radikal atau teroris,"

Ia berharap lebih banyak lagi fasilitas pelayanan publik baik kesehatan maupun pendidikan yang didirikan oleh Ormas Islam.

"Umat Islam harus kaya. Agar bisa berbagi pada sesamanya dan bisa membangun layanan kesehatan maupun pendidikan bagi yang membutuhkan. Ini amal jariah," tutupnya

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Donald Trump Jadi Sopir Mobil Pemadam

Posted: 17 Jul 2017 09:40 PM PDT

Presiden AS, Donald Trump mencoba menaiki sebuah truk pemadam kebakaran saat bersama Wapres Mike Pence menghadiri acara pameran produk bertajuk

Presiden AS, Donald Trump mencoba menaiki sebuah truk pemadam kebakaran saat bersama Wapres Mike Pence menghadiri acara pameran produk bertajuk

Presiden AS, Donald Trump duduk sambil memeriksa sebuah truk pemadam kebakaran saat bersama Wapres Mike Pence menghadiri acara pameran produk bertajuk

Presiden AS, Donald Trump duduk sambil memeriksa sebuah truk pemadam kebakaran saat bersama Wapres Mike Pence menghadiri acara pameran produk bertajuk

Presiden AS, Donald Trump didampingi Wapres  Mike Pence menaiki sebuah truk pemadam kebakaran saat menghadiri acara pameran produk bertajuk

Presiden AS, Donald Trump didampingi Wapres Mike Pence menaiki sebuah truk pemadam kebakaran saat menghadiri acara pameran produk bertajuk

Presiden AS, Donald Trump berpose sambil duduk di sebuah truk pemadam kebakaran saat bersama Wapres Mike Pence menghadiri acara pameran produk bertajuk

Presiden AS, Donald Trump berpose sambil duduk di sebuah truk pemadam kebakaran saat bersama Wapres Mike Pence menghadiri acara pameran produk bertajuk

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kendarai Mobil Balap Formula, Chris Hemsworth Tabrakan

Posted: 17 Jul 2017 09:40 PM PDT

Aktor Hollywood Chris Hemsworth belum lama ini menjajal mobil balap di arena Big Apple, New York City ePrix, tepatnya pada Minggu (16/7/2017). Sayangnya, semua tak berjalan dengan baik ketika pemeran Thor itu sedang berada di balik kemudi.

Disampaikan Ace Showbiz, Senin (17/7/2017), bintang yang akan muncul di film Thor: Ragnarok itu menabrakkan mobil Formula E yang dikemudikannya ke dinding arena balap. Mobilnya terlihat berputar dan sempat berhenti untuk kembali mengambil posisi.

Aktor Hollywood Chris Hemsworth saat mengemudikan mobil balap Formula E. (WTF1)

"James Hunt menabrakkan mobil #FormulaE! Saksikan Chris Hemsworth berputar #dontcrackunderpressure," sebuah keterangan dituliskan dalam unggahan video di Twitter @FIAformulaE, Minggu.

Dalam akun resmi Formula E itu, nama James Hunt dijadikan sebagai bagian dari lelucon. Pasalnya, Hunt merupakan mendiang pembalap F1 yang menjadi karakter utama film biografi berjudul Rush. Dalam film yang rilis pada 2013 itu, sang pembalap diperankan Chris Hemsworth.

Film Rush.

Dalam videonya, Chris Hemsworth tampak kehilangan kendali dan berputar saat mengendarai mobil sebelum menabrak sebuah tembok. Beruntung ayah tiga anak ini dikabarkan tidak mengalami luka sama sekali. Bahkan, mobilnya pun masih utuh.

Selain Thor: Ragnarok, Chris Hemsworth juga akan berperan sebagai Thor kembali dalam film superhero Avengers: Infinity War yang rilis pada Mei 2018. Thor: Ragnarok sendiri bakal tiba pada November tahun ini.

Simak juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puncak Peringatan HUT BPJS Kesehatan ke-49, Gotong Royong Bergema

Posted: 17 Jul 2017 09:38 PM PDT

Gotong Royong, Gotong Royong, dan Gotong Royong, itulah dua kata yang berkali-kali terdengar di acara Sarasehan Nasional dan Puncak HUT BPJS Kesehatan ke-49 di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (17/7).

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris dalam sambutannya mengatakan bahwa gotong royong besar dari seluruh lapisan masyarakat menjadi kunci suksesnya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS).

Diharapkan masyarakat semakin menyadari pentingnya bergotong-royong melalui partisipasi aktif mendaftarkan dirinya ke dalam Program JKN-KIS, serta menjadikan pola hidup sehat sebagai budaya dan kebutuhan sehari-hari, sehingga taraf kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan secara berkesinambungan.

"Sudah saatnya kita menjadi pionir perilaku hidup yang lebih sehat bagi masyarakat luas. Tentunya dalam menjalankan tugas mulia ini, BPJS Kesehatan tidak mungkin berjalan sendiri. Kami membutuhkan dukungan dari para stakeholder dan seluruh rakyat Indonesia guna menyukseskan Program JKN-KIS. Oleh karena itu, pada hari ini kami turut mengajak seluruh stakeholder BPJS Kesehatan untuk dapat meresapi makna dan semangat budaya hidup sehat dan gotong-royong besar, utamanya dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan Program JKN-KIS, " papar Fachmi di hadapan tamu undangan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris

Sarasehan Nasional dan Puncak HUT BPJS Kesehatan ke-49 turut dihadiri tokoh-tokoh penting di antaranya Presiden Kelima Republik Indonesia - Megawati Soekarno Putri, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan - Puan Maharani, Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) - Yudi Latief, dan Ketua Komisi IX DPR RI - Dede Yusuf.

Di HUT BPJS Kesehatan ke-49, Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri menandatangani prasasti yang mengingatkan kepada masyarakat mengenai cikal bakal kelahiran BPJS Kesehatan. Megawati menjadi inisiator lahirnya Undang-Undang No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. UU SJSN ini juga menjadi tonggak lahirnya BPJS Kesehatan.

Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati menandatangani prasasti yang berkaitan dengan kelahiran BPJS Kesehatan.

Pasti Anda yang bertanya-tanya bagaimana BPJS Kesehatan bisa berusia 49 Tahun, padahal kita baru mendengarnya tidak lebih dari 4 tahun lalu? Sesungguhnya BPJS Kesehatan lahir dari perjalanan panjang yang dimulai dari Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK) yang dibentuk 15 Juli 1968. Pada tahun 1984 berubah menjadi Perum Husada Bhakti, dan selanjutnya menjadi PT Askes pada tahun 1992 yang hanya untuk segmen tertentu.

Kemudian lahir Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Lalu dikuatkan oleh Undang-Undang Nomor 11 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Setelahnya lahir BPJS Kesehatan yang kemudian mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS).
Sekelumit sejarah tersebut diungkap oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris untuk mengingatkan kepada masyarakat supaya tidak melupakan sejarah.

Pada Puncak HUT ke-49 BPJS Kesehatan, Fachmi Idris juga memaparkan kinerja positif yang dicapai oleh BPJS Kesehatan.

"Pada tahun buku 2016, BPJS Kesehatan telah berhasil memperoleh predikat "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP) dari Akuntan Publik. Ini juga merupakan peraihan predikat WTP secara 3 tahun berturut-turut sejak BPJS Kesehatan berdiri," ujar Fachmi Idris.

BPJS Kesehatan juga memperoleh penilaian yang baik (Rapor Hijau) dari Kantor Staf Kepresidenan atas dua indikator, yaitu tercetak dan terdistribusinya KIS dengan capaian 100%. Dan untuk indikator kedua, yaitu jumlah faskes bekerja sama yang mencapai 109.41% dari target. Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah berhasil memenuhi target-target Annual Management Contract (AMC) Tahun 2016 dengan total capaian 106% dari target capaian 100% yang harus diraih.

Fachmi Idris juga memaparkan beberapa gebrakan yang telah dilakukan demi peningkatan kualitas layanan. Salah satu inovasi terkini yang dihadirkan adalah lahirnya Program e-JKN melalui soft launching aplikasi Mobile JKNpada peringatan HUT BPJS Kesehatan ke-49.

"Program e-JKN ini dirancang untuk memudahkan peserta dalam melakukan berbagai perubahan data dalam status kepesertaannya di Program JKN-KIS.

Ada 16 fitur yang bisa dimanfaatkan pada aplikasi Mobile JKN, di antaranya Fitur Pindah Faskes, Fitur Perubahan Identitas, dan Fitur Pindah Kelas.Fitur pada aplikasi Mobile JKN ini akan terus dikembangkan dan diperkaya dengan fitur-fitur lainnya, yang mengakomodir kebutuhan peserta agar kian menikmati pelayanan Program JKN-KIS yang berkualitas.

BPJS Kesehatan mencetak rekor MURI sebagai lembaga pemerintah yang berhasil mengunggah vlog terbanyak di dunia

Dalam rangka peringatan HUT BPJS Kesehatan ke-49, BPJS Kesehatan juga mencetak rekor MURI sebagai lembaga pemerintah yang berhasil mengunggah vlog terbanyak di dunia. Adapun tema yang diusung adalah Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Kepala UKP PIP, Yudi Latief turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Sementara itu Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf juga mengapresiasi pencapaian kinerja BPJS Kesehatan yang telah menjangkau hampir 180 juta jiwa penduduk Indonesia.

Berdasarkan data per 14 Juli 2017, terdapat 179.011.459 jiwa penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Selain itu, terdapat total 20.877 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, yang terdiri atas 9.829 Puskesmas, 4.523 Dokter Praktik Perorangan, 1.151 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 5.360 Klinik Pratama, dan 14 RS D Pratama.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 5.451 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 2.179 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 181 Klinik Utama), 2.274 Apotek, serta 998 Optik.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disdik Jakarta Cabut KJP Pelaku Bullying di Thamrin City

Posted: 17 Jul 2017 09:37 PM PDT

Dinas Pendidikan DKI Jakarta memberi sanksi tegas kepada tiga pelaku perundungan atau bullying di Thamrin City. Selain dikeluarkan dari sekolah masing-masing, Kartu Jakarta Pintar (KJP) pun ikut dicabut.

"Sanksi kedua yang dijatuhkan adalah hak pemegang KJP dicabut. Sesuai aturannya, kalau mau menerima KJP jangan brutal, jangan sampai tidak bisa diatur," kata Kadisdik DKI Jakarta Sopan Adrianto saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (18/7/2017).

Ini adalah sanksi kedua setelah Disdik mengeluarkan tiga pelaku perundungan yang aksinya tersebar di media sosial. Sanksi diberikan setelah Disdik menginvestigasi peristiwa tersebut dan mengikuti amanat Instruksi Gubernur Nomor 15 Tahun 2012.

"Peserta didik yang terlibat tawuran, bullying, maka diberi sanksi dikembalikan ke orangtua," ujar Sopan.

Sopan menuturkan, hasil investigasi bersama pihak kepolisian dan Inspektorat Jenderal Kementerian dan Kebudayaan, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat 14 Juli 2017, pekan lalu. Video aksi viral sejumlah siswa itu kemudian sampai ke tangan Disdik pada Minggu malam, 16 Juli 2017.

Senin pagi Disdik Jakarta langsung menelusuri peristiwa itu dan memanggil orangtua korban dan pelaku. Ada dua siswa sekolah dasar dan seorang siswi sekolah menengah pertama swasta.

"Hasil penelusuran peristiwa itu bermula dari saling ledek antara korban dan para pelaku. Mereka lalu janjian bertemu di Thamrin City. Di situlah terjadi peristiwa tersebut," ujar Sopan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geger Video Perempuan Misterius Pakai Rok Mini di Arab Saudi

Posted: 17 Jul 2017 09:35 PM PDT

Seorang perempuan yang dikabarkan berprofesi sebagai model membuat heboh publik Arab Saudi. Pasalnya Khulood, panggilan wanita itu, memposting video yang mempertontonkan ia mengenakan rok mini dan crop top atau atasan berpotongan pendek.

Dalam video yang diposting di sosial media Snapchat akhir pekan lalu, Khulood tampak berjalan di area sebuah benteng bersejarah di Desa Ushayqir, Provinsi Najd, sekitar 155 kilometer di utara Riyadh. Demikian seperti dikutip dari BBC pada Selasa (18/7/2017).

Najd sendiri merupakan salah satu daerah paling konservatif di Arab Saudi. Itu merupakan kawasan di mana pendiri aliran Wahhabisme, Muhammad bin Abdul Wahhab, dilahirkan pada Abad ke-18.

Sontak, rekaman gambar tersebut memicu perdebatan sengit di media sosial. Sejumlah orang menyerukan agar perempuan itu ditangkap karena melanggar tata cara berpakaian di negara muslim yang konservatif tersebut.

Namun, tak sedikit yang membela perempuan itu, memuji "keberaniannya". Kini, otoritas Saudi tengah menyelidiki wanita nekat itu.

Video Khulood dengan cepat menyebar hingga ke ranah Twitter. Polemik pun terbagi antara orang-orang yang menginginkan perempuan itu dihukum dengan mereka yang berpendapat ia seharusnya diizinkan memakai busana yang dikehendakinya.

Merespons beredarnya video Khulood tersebut, wartawan bernama Khaled Zidan menulis, "Kembalinya Haia (polisi syariat) ke sini adalah sebuah keharusan".

Sementara itu, pengguna Twitter lainnya mengungkap pendapat senada, "Kita harus menghormati hukum negara. Di Prancis, niqab dilarang dan perempuan akan didenda jika memakainya. Di Arab Saudi, mengenakan abaya dan pakaian sederhana adalah bagian dari hukum kerajaan".

Penulis dan filsuf, Wael al-Gassim mengatakan, "terkejut dengan kicauan kemarahan warga".

"Saya pikir dia telah mengebom atau membunuh seseorang. Ternyata itu menyangkut dengan roknya yang tidak disukai mereka. Saya penasaran bagaimana Visi 2030 akan sukses jika dia ditahan," tambah al-Gassim.

Visi 2030 merupakan program reformasi yang diluncurkan tahun oleh Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (31).

Beberapa yang membela Khulood menyinggung sejumlah perempuan asing yang memilih tak mengikuti tata cara berpakaian Saudi saat berkunjung ke negara itu pada Mei lalu. Mereka adalah Ibu Negara Amerika Serikat Melania Trump dan putri tirinya Ivanka Trump.

Ada pula yang berargumen, seandainya perempuan tersebut orang asing maka yang dibicarakan adalah kecantikannya.

Fatima al-Issa menulis, "Jika dia orang asing, maka orang akan memuji keindahan pinggangnya dan pesona matanya... Tapi karena dia orang Saudi mereka meminta ia segera ditangkap".

Perempuan di Saudi harus mengenakan abaya dan jilbab ketika tampil di muka umum. Mereka juga "dipagari" sejumlah aturan ketat lain, salah satunya dilarang mengemudi.

Pada Senin kemarin, surat kabar Okaz melaporkan bahwa pejabat di Ushayqar telah mendesak gubernur dan polisi untuk mengambil tindakan atas perempuan tersebut.

 

Simak videonya berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langka, Fotografer Abadikan Momen Paus Sperma Tidur Siang

Posted: 17 Jul 2017 09:32 PM PDT

Pernahkah Anda bertanya: apakah ikan bisa tidur? Atau jika lebih spesifik pada ikan paling besar di lautan, apakah paus sperma tidur?

Ini bukan pertanyaan yang sering ditanyakan, namun bila memang demikian, apakah jawabannya? Jawabannya, ya, paus sperma tidur. Lalu, mana buktinya?

Seorang fotografer bawah air berhasil menangkap momen langka saat sekelompok raksasa laut ini tidur siang. Franco Banfi adalah fotografer yang menangkap momen sangat langka itu di Laut Karibia, dekat Pulau Dominika.

Melansir dari Bored Panda, menurut Franco, sekelompok paus sperma itu tiba-tiba berhenti bergerak dan beristirahat dengan posisi vertikal. Dan tidur siang para paus sperma itu juga tidak berlangsung lama, hanya 6-24 menit.

Perilaku tidur siang tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 2008. Waktu itu, satu tim ahli biologi dari Inggris dan Jepang berhasil menangkap momen sekelompok paus sperma yang tidur. Setelah studi lebih lanjut, mereka menemukan bahwa tidur kolektif tersebut hanyalah sekitar 7 persen dari kehidupan ikan paus. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bentuk Black Champagne, Mita Pastikan The Virgin Bubar?

Posted: 17 Jul 2017 09:30 PM PDT

Nama The Virgin seolah tenggelam dari panggung musik. Kedua personelnya, Mita dan Dara, tak lagi terlihat bersama. Dan kini, Mita The Virgin bahkan mengumumkan bahwa dirinya membentuk grup baru bernama Black Champagne. Pertanda The Virgin bubar?

Dalam akun Instagramnya, Senin (17/7/2017), Mita mengunggah foto dirinya bersama seorang wanita bernama DJ Citra dalam nuansa hitam putih. Keduanya mengenakan tuksedo yang sama.

Duo The Virgin dalam acara Live Streaming "Dear Haters" di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (12/5). Merasa butuh kreativitas untuk bertahan di industri hiburan, The Virgin tengah mencari jalan agar publik tetap menerima karya mereka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Diketahui, DJ Citra menjadi rekan duetnya dalam Black Champagne. Dalam keterangan foto, Mita pun memberi penjelasan mengenai grup barunya itu.

"Penegasan dari aq yah .. The Virgin TIDAK BUBAR !! Buat kalian yg bingung dan bertanya tanya .. Black Champagne adalah Project grup Duo Dj Saya diluar The Virgin BUKAN The Virgin yang ganti nama .. Dj Citra @ncit90 jg bkn pengganti Dara krn @ncit90 itu Dj .. Jadi buat kalian yang msh pada nyinyir harap berpikir positive krn Saya sm Dara @darathevirgin sudah ada komitmen baik untk Project diluar The Virgin yg sedang Vakum membuat karya," jelas Mita The Virgin.

Mita pun menjelaskan kegiatan Dara The Virgin di luar kegiatannya bersama grup yang telah membesarkan namanya itu. Wanita yang bergaya tomboi ini pun mengharapkan dukungan dari penggemarnya.

"Dara jg sudah lebih dulu Solo karier jd Ga ada salahnya kan saya jg berkarya diluar Band saya ..?? Drpd pusing mendingan Kepoin ig ny @blackchampagne.official yukk biar tau Update seputar Black Champagne .. Ttp support aq yah krn niat nya cm berkarya dan menghibur .. Thanks buat kalian yg slalu support .. Bsk Black Champagne akan membuat Video Clip .. Doin lancar yah .. Love u all," lanjutnya.

Mita The Virgin dan DJ Citra (Foto: Instagram)

Black Champagne pun mendapat dukungan dari Dara The Virgin. "Sukseeess dan lancar buat besok yaa @blackchampagne.official .. Tetep semangat dan terus berkarya .. Mungkin cuman sebagian orang aja yg gak tau klo THE VIRGIN masih ADA dan TIDAK BUBAR .. Jadi tolong baca baik2 ..," tulisnya di kolom komentar.

Mita The Virgin pun ikut mendoakan partnernya itu. "Makasii neng @darathevirgin udh support @blackchampagne.official .. Km jg sukses ya project solo nya."

 

Simak video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Barcelona Bantah Akan Jual Rakitic

Posted: 17 Jul 2017 09:30 PM PDT

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengaku ingin mempertahankan setiap pemain di timnya saat ini. Dia juga membantah akan menjual Ivan Rakitic pada musim panas tahun ini.

Selain Rakitic, Andre Gomes juga dikabarkan segera angkat kaki dari Barcelona. Valverde mengaku heran dari mana datangnya rumor ia akan melepas Rakitic dan Andre Gomes.

"Rakitic dan Andre Gomes adalah dua pemain di dalam tim saya dan mereka tidak dijual," kata Valverde, seperti dilansir Tribal Football.

"Saya ingin dapat mengenal mereka dan bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka," ucap pelatih asal Spanyol itu.



Valverde mengatakan, Barcelona memiliki pemain incaran pada bursa transfer musim panas tahun ini. Tapi, hal itu bukan berarti klub asal Katalan tersebut berencana melepas pemain-pemain yang dianggap penting.

Gelandang Paris Saint-Germain, Marco Verratti, masuk daftar beli Blaugrana. Sebelumnya, Rakitic dan Andre Gomes akan jadi bagian dari transfer untuk memudahkan PSG melepas Verratti. *

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukalapak Ajak Masyarakat Investasi Logam Mulia via BukaEmas

Posted: 17 Jul 2017 09:30 PM PDT

Bukalapak hari ini (18/7/2017) menggelar acara peluncuran fitur BukaEmas guna memudahkan masyarakat dalam bertransaksi jual beli logam mulia secara online.

Saat ini Bukalapak mengklaim pengguna BukaEmas mencapai 110 ribu sejak fitur ini dibuka bulan Juni lalu dan meyakini angka itu akan terus bertambah selama tahun 2017.

"Kami melakukan studi, orang-orang di China, Jepang, dan US sudah melek investasi, di Indonesia belum. Masih ada yang ngira kalau tabungan itu investasi, padahal bukan. Belum lagi kalau inflasi," kata Achmad Zaky, pendiri sekaligus CEO Bukalapak di kantor Bukalapak di kawasan Kemang, Jakarta.

Pria yang akrab disapa Zaky itu mengatakan melalui BukaEmas ia ingin sambil mengedukasi masyarakat Indonesia supaya melek investasi logam mulia dengan mudah dan praktis.

"Kami commit tahun ini meluncurkan banyak produk financial. Awal tahun ini kami sudah ada BukaReksa, sekarang hadir BukaEmas sebagai pilihan lain buat masyarakat yang mau investasi" tegas Zaky.

Dari segi kualitas, logam mulia di BukaEmas adalah logam mulia resmi dari PT Aneka Tambang (ANTAM) dan terakreditasi oleh London Bullion Market Association (LBMA). Oleh sebab itu, pengguna tak perlu meragukan kualitas dan keaslian logam mulia di BukaEmas.

Perihal pengiriman, logam mulia yang diantar ke alamat pembeli akan diasuransikan. Artinya, bila ada kesalahan dari jasa pengiriman, pengguna tetap bisa merasa tenang sebab logam mulia yang ia pesan akan diganti, jika rusak atau hilang dalam proses pengiriman. Kemudian, logam mulia yang telah dibeli juga bisa dititipkan atau dijual kembali di Bukalapak

Menariknya, selama periode 18-30 Juli 2017, pengguna bisa mendapat bonus saldo logam mulia di BukaEmas senilai 10 persen dari nilai pembelian dengan minimal pembelian 0,5 gram dan maksimal bonus saldo 0,1 gram. Adapun mitra Bukalapak untuk fitur BukaEmas adalah Indo Gold.

(Why/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjahat Narkoba Tewas Ditembak Usai Curi Motor

Posted: 17 Jul 2017 09:30 PM PDT

M Ali Fatah, warga Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, ini masuk daftar pencarian orang (DPO) kejaksaan karena kasus narkoba. Namun, nyawa Ali berakhir setelah tewas ditembak anggota Polres Malang Kota karena kasus pencurian kendaraan bermotor.

Wakil Kepala Polres Malang Kota, Komisaris Polisi Nandu Dyanata mengatakan, Ali merupakan residivis yang dipenjara pada 2009 dan bebas setahun kemudian karena kasus curanmor.

"Pelaku pada Mei lalu kabur juga dari Kejaksaan Lumajang sebelum sempat disidang di pengadilan karena kasus narkoba," kata Nandu di Malang, Senin, 17 Juli 2017.

Polisi menyebut terpaksa menembak mati Ali karena ia melawan saat hendak ditangkap. Peristiwa ini bermula saat Ali mencuri motor jenis matic di parkiran warung internet di Jalan Raya Kepuhsari, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, pada Minggu, 16 Juli 2017, sekitar pukul 20.00.

Simon, korban pencurian itu, kemudian melaporkan peristiwa itu ke kepolisian. Motor itu dipasanginya Global Positioning System (GPS) sehingga mudah melacaknya. Senin dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, polisi menemukan pelaku berada di kawasan Pronojiwo, Lumajang.

"Diduga pelaku saat itu sedang bersama komplotannya. Tahu ada polisi yang mengejar, komplotan itu berpisah. Kami fokus hanya menangkap satu pelaku itu," ujar Nandu.

Saat penangkapan itu, lanjut Nandu, pelaku tak menggubris tiga kali tembakan peringatan yang dilepas petugas dan berupaya melawan dengan bersenjatakan sangkur. Dua peluru pun masing-masing menembus leher serta pinggang dan membuat pelaku tewas di lokasi kejadian.

Polisi menemukan kunci T dan belasan mata kunci dari pelaku. Beberapa lembar surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan sebuah motor hasil curian dibawa ke Polres Malang Kota. Sebuah alat isap narkoba jenis sabu juga ditemukan dari tubuh korban.

"Motor curian lainnya ada di Polres Lumajang. Kami menduga pelaku ini mencuri motor yang sebagian hasilnya untuk beli narkoba," kata Nandu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenapa Menangis Saat Memotong Bawang?

Posted: 17 Jul 2017 09:30 PM PDT

Jika Anda termasuk penggemar bawang, baik bawang putih, bawang merah, maupun bawang bombai, Anda mungkin akan mencoba berbagai trik agar terhindar dari menangis tatkala memotong bawang. Pernahkah Anda bertanya, mengapa bawang membuat Anda menangis?

Dr Robert Rosa Jr mengatakan, bawang yang tumbuh di tanah melepaskan gas asam amino sulfoksida untuk mencegah makhluk lain memakannya. Tak ayal, saat bawang merah dipotong, asam amino sulfoksida akan menciptakan gas yang disebut syn-propanethial-S-oxide. Gas inilah yang bisa membuat Anda menangis.

"Ini termasuk proses kimia yang rumit. Mata Anda memiliki satu set saraf berfungsi mendeteksi sesuatu yang berpotensi membahayakan mata. Jadi, mata Anda bereaksi terhadap gas yang dilepaskan oleh bawang. Sebagai perlindungan diri, mata pun mengeluarkan air mata," jelas dr Rosa, ditulis dari She Amazing, Selasa (18/7/2017).

Bawang putih dan bawang merah dapat melepaskan gas pada kadar yang lebih tinggi. Bawang bombai mempunyai kadar pelepasan gas dengan konsentrasi lebih rendah, yang tidak membuat mata Anda mengeluarkan lebih banyak air mata.

Efek tidak berbahaya

Rosa memperingatkan, efek pelepasan gas pada bawang terhadap tiap orang berbeda. Ada orang yang lebih peka terhadap gas tersebut dibanding lainnya.

Namun, bawang tidak menimbulkan ancaman terhadap penglihatan atau kesehatan mata.

"Memotong bawang dapat menyebabkan iritasi dan menangis. Ini cukup aman pada mata. Sensasi pun hanya sementara dan tanpa efek jangka panjang," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan obat tetes mata agar membuat mata terlindungi dan nyaman dari paparan gas pada bawang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Underpass Matraman Dimulai, Pengendara Diminta Menghindar

Posted: 17 Jul 2017 09:25 PM PDT

Polisi melakukan rekayasa arus lalu lintas seiring dimulainya pembangunan underpass Matraman-Salemba. Rekayasa akan dimulai pada 20-27 Juli di seputar jalan tersebut.

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto meminta pengendara motor dan mobil untuk menghindari ruas jalan tersebut.

Di beberapa wilayah, seperti Jalan Diponegoro, Jalan Salemba, dan jalan yang mengarah ke Pasar Senen atau sebaliknya, serta Simpang Diponegoro dan Salemba, akan dialihkan selama pembangunan underpass berlangsung.

"Dampak pembangunan underpass ini pasti akan menciptakan kemacetan parah di beberapa wilayah. Oleh sebab itu, kita imbau agar pengendara mengambil jalur lain," ujar Budiyanto, Selasa (18/7/2017).

Kemacetan diprediksi akan semakin parah saat jam berangkat serta pulang kerja dan sekolah.

Pengalihan arus lalu lintas underpass Matraman (Liputan6.com/Istimewa)

Berikut rekayasa lalu lintasnya:

- Kendaraan dari Jatinegara menuju arah Senen, Pramuka, dan Jatinegara akan dialihkan melalui Jalan Matraman Dalam, Jalan Proklamasi, Jalan Diponogoro. Namun ini tidak berlaku untuk Bus Transjakarta.

- Kendaraan dari Manggarai menuju Senen atau Pramuka, akan dialihkan melalui Jalan Proklamasi dan Jalan Diponegoro.

-Kendaraan dari Proklamasi yang akan menuju arah Tugu Tani atau Cikini akan dialihkan melalui Jalan Diponegoro belok kanan di Simpang Jalan Teuku Cik Ditiro ke Tugu Tani atau putar balik jika ingin ke arah Cikini.

-Kendaraan dari Pramuka yang akan menuju arah Senen akan dialihkan ke Jalan Matraman Dalam, Jalan Proklamasi, Jalan Diponegoro, dan jika ke arah kiri akan menuju ke Senen. (Apriana Nurul Aridha)

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Negara Maju, Pendapatan Rakyat RI Harus Rp 12,2 Juta

Posted: 17 Jul 2017 09:25 PM PDT

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan saat ini masih banyak pekerjaan rumah untuk seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia untuk menjadi negara maju.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengungkapkan untuk melihat Indonesia sudah masuk dalam kategori negara maju atau belum, salah satu indikatornya adalah pendapatan per kapita.

Pendapatan per kapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan per kapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut.

Agus menuturkan, saat ini pendapatan per kapita Indonesia adalah sekitar US$ 3.500 per tahun atau sekitar Rp 46 juta pert ahun. Angka ini masih masuk dalam kategori negara middle income atau kelas menengah.

"Untuk jadi negara maju, tentunya harus bisa mencapai pendapatan per kapita US$ 11 ribu. Jadi tantangan kita semua masih besar sekali," kata Agus di Menara Bidakara, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Jika dilihat dari kurs rupiah saat ini 13.313 per dollar AS, pendapatan per kapita masyarakat Indonesia saat ini sebesar Rp 46,5 juta per tahun atau Rp 3,8 juta per bulan.

Untuk menjadi negara maju, dibutuhkan US$ 11 ribu setara dengan Rp 146,4 juta per tahun atau pendapatan masyarakat per bulan harus Rp 12,2 juta per bulan.

Agus menuturkan, saat ini upaya yang dilakukan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terkait sudah sesuai jalur dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara maju dengan menggenjot pembangunan infrastruktur.

Hal ini diperkuat dengan predikat layak investasi yang diberikan berbagai lembaga pemeringkat dunia, yakni Standard and Poor's, Moody's dan lainnya.

"Ini tentunya akan menjadi modal utama pemerintah dalam mendatangkan investor dalam rangka mempercepat pembangunan negara ini," tegas Agus. (Yas)

 

 

 

Saksikan Video Berikut di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Acara TV yang Diambil, Bikin Ayu Ting Ting Tak Disiplin?

Posted: 17 Jul 2017 09:20 PM PDT

Abdul Rozak, ayah Ayu Ting Ting, membeberkan alasan mengapa anaknya tak lagi bergabung dalam program acara variety show. Ini bermula saat Ayu merasa tak terima dengan sindiran petinggi stasiun televisi yang bersangkutan karena telat hadir.

Sejumlah pihak tentu bertanya-tanya, apakah Ayu Ting Ting memang kerap bertindak tidak disiplin? Namun, penggagas program variety show ini, Eko Patrio, membantahnya.

Pemimpin rumah produksi yang membuat program acara Pesbukers Eko Patrio juga siap kembali merangkul Ayu Ting Ting untuk bergabung kembali. Seperti diketahui, Ayu sudah tidak lagi mengisi acara yang ditayangkan di ANTV tersebut. (Instagram/ekopatriosuper)

"Sepengetahuan saya enggak ada sih. Ayu Ting Ting enggak pernah terlambat dan sebagainya, malah bagus," tutur Eko Patrio, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017).

Eko Patrio menjelaskan, Ayu Ting Ting adalah salah satu artis yang bisa bersikap profesional. Sebagai entertainer dengan segudang aktivitas, ia bisa mengatur jadwalnya dengan sangat baik.

"Dia kan bukan main di program itu saja, ada program lainnya, artinya dia harus me-maintain benar. Jadi, satu sama lain saya yakin bukan masalah disiplin, cuma kecapekan dan kelelahan saja," paparnya.

Penyanyi dangdut Ayu Ting Ting. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ia melanjutkan, "Mungkin miss komunikasi saja. Pokoknya saya buka kesempatan Ayu Ting Ting 24 jam untuk main di program saya lagi. Saya berharap Ayu Ting Ting kembali."

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepasang Ferrari LaFerrari Spesial Diborong Mantan Petinju Dunia

Posted: 17 Jul 2017 09:20 PM PDT

Mantan petinju dunia, Floyd Mayweather, memang terkenal gemar mengoleksi mobil super dengan harga selangit. Pria berusia 40 tahun ini memiliki koleksi seperti Ferrari, Lamborghini, Rolls-Royce, dan beberapa tipe Bugatti Veyron.

Seperti belum puas dengan koleksinya, petinju yang gantung sarung tinju pada September 2015 ini, kembali membeli sepasang hypercar Ferrari LaFerrari. Ya, sepasang atau dua unit berkelir merah dan putih.

Mengutip Motor1, Selasa (18/7/2017), pembelian dua unit hypercar canggih asal Italia ini terungkap, dari video Youtube yang di-posting oleh FightHype.

Dalam video tersebut, petinju yang bakal bertarung dengan Conor McGregor ini menunjukkan cek senilai US$ 100 juta, sembari mengumumkan pembelian dua hypercar tersebut.



Seperti diketahui, untuk Ferrari LaFerrari sendiri tidak ada yang berkelir putih. Jadi, ada penyesuaian khusus untuk koleksi Mayweather satu ini.

Untuk diketahui, Ferrari LaFerrari mengkombinasikan mesin bensin V12 berkapasitas 6,3-liter dan motor listrik. Jika ditotal secara keseluruhan, tenaga mobil ini mampu menyemburkan 963 Tenaga kuda dan torsi lebih dari 900 Nm.

Ferrari LaFerrari diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik, dan sanggup melibas jalanan dengan kecepatan 350 km/jam.

Simak  Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Majelis Hakim Tak Hadir, Miryam Batal Baca Eksepsi

Posted: 17 Jul 2017 09:19 PM PDT

Terdakwa Miryam S Haryani batal membacakan eksepsi atau nota keberatan terkait kasus memberikan keterangan tidak benar dalam persidangan kasus e-KTP.

Sidang Miryam ditunda karena Ketua Majelis Hakim Frenky Tambuwun tidak dapat hadir. Majelis hakim John Halasan Butar-butar mengatakan salah satu hakim Frenky tengah berduka.

"Demi alasan kemanusiaan kita tunda sidangnya Senin minggu depan," kata hakim anggota Jhon Halasan Butarbutar di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2017).

Sebelumnya dalam sidang dakwaan, mantan anggota Komisi II DPR itu merasa keberatan dengan dakwaan Jaksa KPK.

"Saya keberatan atas dakwaan yang dibuat jaksa, karena keberatan itu saya tidak mengatakan keterangan yang tidak benar," ujar Miryam S Haryani usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat, Kamis 13 Juli 2017.

Politikus Partai Hanura tersebut merasa aneh dengan pasal yang dikenakan kepadanya. Miryam dijerat Pasal 22 jo Pasal 55 ayat (1) UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Saya enggak tahu keterangan mana yang merasa tidak benar itu menurut jaksa, padahal saya sudah memberikan keterangan yang benar di pengadilan," kata Miryam S Haryani.

Jaksa KPK mendakwa Miryam telah sengaja tidak memberi keterangan atau memberikan keterangan yang tidak benar. Miryam mencabut Berita Acara Pemeriksaan (BAP) penyidikan yang menerangkan adanya penerimaan uang dari Sugiharto dalam korupsi e-KTP.

Untuk itu, terhadap keterangan terdakwa, JPU meminta kepada hakim agar Miryam ditetapkan sebagai pelaku pemberian keterangan palsu atau keterangan tidak benar.

Jaksa KPK mendakwa Miryam S Haryani dengan Pasal 22 Jo Pasal 35 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bedanya KPR, Tunai Keras, dan Tunai Bertahap

Posted: 17 Jul 2017 09:19 PM PDT

Aktivitas berkelana mencari rumah pertama bersama pasangan atau keluarga tercinta merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika akhirnya Anda menemukan rumah idaman yang menawarkan uang muka dan harga yang sesuai dengan kemampuan.

Tinggal langkah selanjutnya yang harus dipikirkan, yakni sistem pembayaran yang dipilih. Tentunya hal ini berdasar pada dana yang Anda miliki. Pilihan pembiayaan properti yang baik bisa dilakukan dengan cara tunai atau kredit.

Jika selisih suku bunga dengan deposito tinggi, lebih dari 5% (misalnya bunga deposito 10% dan suku bunga KPR 17%), lebih baik membeli properti secara hard cash.

Tetapi jika selisih suku bunga deposito dengan KPR antara 3%-5% (misalnya bunga deposito 10% dan suku bunga KPR 14%), belilah dengan soft cash. Pembayaran soft cash bisa dengan cara mencicil bertahap atau bisa membayar DP besar dengan kredit KPR kecil.

Sementara itu, jika selisih bunga deposito dengan KPR kecil, yakni kurang dari 3% (misalnya bunga deposito 10% sementara suku bunga KPR 12%), belilah properti secara kredit dengan tenor selama mungkin (15-20 tahun).

Untuk lebih mengetahui pengertian antara KPR, tunai keras, dan tunai bertahap, simak ulasan dari Rumah.com berikut ini.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah, yaitu produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan 90% dari harga rumah.

Hingga saat ini KPR disediakan oleh perbankan, walaupun sudah ada perusahaan pembiayaan yang menyalurkan pembiayaan dari lembaga sekunder untuk pembiayaan perumahan (housing financing).

Pengembang biasanya sudah bekerja sama dengan bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR. Oleh sebab itu, salah satu pertimbangan saat membeli rumah adalah bank yang menyalurkan KPR.

Permohonan KPR diajukan dengan mengisi formulir pemesanan unit dari pengembang serta melunasi biaya pemesanan dan uang muka.

Baca juga: Ini Untungnya Beli Rumah Pakai KPR

Dokumen standar yang harus terpenuhi dalam mengajukan KPR meliputi; usia kurang dari 50 tahun ketika mengajukan permohonan KPR, fotokopi KTP, akta nikah atau cerai, kartu keluarga, surat keterangan WNI (untuk WNI keturunan), dan dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB).

Sedangkan dokumen tambahan untuk karyawan terdiri dari; slip gaji, surat keterangan dari tempat bekerja, buku rekening tabungan yang menampilkan kondisi keuangan 3 bulan terakhir, dokumen rambahan untuk wiraswasta atau profesional, bukti transaksi keuangan usaha, catatan rekening bank, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP, surat izin usaha lainnya, serta Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

(Tiga Perumahan Bisa KPR dengan DP Rp20 Juta, Mau?)

Tunai keras (hard cash)

Bagi Anda yang punya anggaran besar, sistem pembayaran rumah dengan cash keras sangat direkomendasikan. Tunai keras merupakan sistem pembayaran yang dilakukan dalam waktu paling lambat satu bulan, sejak adanya kesepakatan antara pembeli dan pengembang.

Sistem ini memiliki banyak keuntungan, karena biasanya pengembang akan memberikan potongan harga rumah yang menggiurkan (sekitar 10%-15%). Tak hanya itu, Anda juga tidak akan dipusingkan dengan urusan cicilan tiap bulannya.

Selain harga rumah yang didapat sedikit lebih murah, keuntungan lain adalah Anda tak perlu risau terkait fluktuasi suku bunga pinjaman yang kerap melambung tinggi seperti di sistem KPR.

Tunai bertahap (cash installment)

Bila Anda sanggup mencicil rumah dalam jumlah besar dengan kurun waktu terbatas, fasilitas installment alias mencicil kepada developer bisa dijadikan opsi yang tepat. Cara ini banyak dipilih, karena cicilan Anda tak akan terpengaruh fluktuasi bunga bank.

Waktu pembayaran tunai bertahap biasanya berlangsung selama kurang lebih 6-24 bulan, dengan besaran bunga yang ditetapkan dari pihak pengembang.

(Ingin membeli rumah dengan cara KPR? Cari dulu ragam perumahan barunya mulai harga Rp400 Juta hanya di sini!)

Karena jangka waktunya sangat singkat, maka pembeli diwajibkan untuk menyerahkan uang muka yang jumlahnya cukup besar. Kisarannya 30%-50% dari harga rumah, tergantung keputusan si pengembang.

Saat kata sepakat telah terucap dari kedua belah pihak, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat surat Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Hal ini guna menghindari adanya permasalahan di masa yang akan datang.

Di dalam surat tersebut tertera spesifikasi rumah, harga, cara pembayaran, serah terima rumah, pemeliharaan rumah, lengkap dengan hak dan kewajiban masing-masing serta sanksi-sanksinya. PPJB itu harus dipahami benar sebelum menandatanganinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lonzo Ball Terpilih sebagai MVP NBA Summer League

Posted: 17 Jul 2017 09:15 PM PDT

Pemain pilihan kedua di NBA Draft 2017 Lonzo Ball berhasil membungkam kritik pedas. Ball meraih gelar pemain terbaik atau MVP di NBA Summer League 2017. 

Terpilihnya Ball tidaklah mengejutkan. Putra LaVar Ball itu mencetak rata-rata 16,3 poin, 9,3 assists, 7,7 rebounds dan 2,5 steals. Ball dua kali membuat triple double.

Ball mengukir rekor sebagai pemain Lakers pertama yang menjadi MVP NBA Summer League. Pemilihan MVP ini dilakukan sebuah panel yang terdiri dari media ternama.

Di NBA Summer League, Ball sebenarnya tampil buruk di pertandingan pertamanya. Dia cuma mencetak lima poin, tapi Ball kemudian bangkit dan tampil cemerlang sehingga membawa Lakers ke final NBA Summer League 2017.

Selain menjadi MVP, Ball juga masuk tim utama All-NBA Summer League Teams. Empat pemain lain yang masuk tim pertama adalah John Collins (Atlanta Hawks), Josh Jackson (Phoenix Suns), Dennis Smith Jr (Dallas Mavericks), dan Caleb Swanigan (Portland).

All-NBA Summer League First Team

Lonzo Ball (Lakers)
John Collins (Hawks)
Josh Jackson (Suns)
Dennis Smith Jr. (Mavericks)
Caleb Swanigan (Trail Blazers)

All-NBA Summer League Second Team

Cheick Diallo (NOP)
Bryn Forbes (Spurs)
Kyle Kuzma (Lakers)
Wayne Selden Jr. (Grizzlies)
Jayson Tatum (Celtics)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hunian yang Akan Ditempati Raisa dan Hamish Daud Seperti ini Loh!

Posted: 17 Jul 2017 09:12 PM PDT

Berita tentang pertunangan presenter dan aktor Hamish Daud dan penyanyi Raisa Adriana beberapa waktu lalu ternyata cukup menyita perhatian khalayak luas. Pertunangan tersebut semakin mengukuhkan dua sejoli ini sebagai relationship goals atau pasangan impian bagi sebagian orang.

(Baca juga: Intip Serunya Halaman Belakang Rumah Seleb, Yuk!)

Tidak hanya nampak serasi, pasangan ini ternyata juga memiliki ketertarikan yang sama dalam dunia arsitektur dan desain interior. Belum banyak yang mengetahui bahwa Hamish Daud ternyata lebih dulu menekuni profesi arsitek sebelum terjun ke dunia seni peran.

Konsep desain tropis dari Uluwatu Villa karya Hamish Daud (Foto: Saka Design Group)

Aktor yang memiliki hobi surfing dan berpetualang ini sudah delapan tahun lebih bergabung dengan perusahaan desain interior bernama Saka Design Group. Sampai saat ini profesi arsitek pun masih dilakoni Hamish.  

Salah satu villa hasil desain arsitektur Hamish yang bernuansa tropis dan tradisional (Foto Saka Design Group)

Hamish fokus pada desain rumah pribadi seperti villa. Beberapa proyek yang telah dikerjakan Hamish mengusung konsep alami dan minimalis. Bagi Hamish, rumah yang ideal untuk dihuni adalah yang memiliki desain sederhana dan kembali ke alam, bukan di tengah kota yang ramai dan macet.

(Simak juga: Pilihan hunian di pinggiran kota yang sejuk dan asri dengan harga mulai dari Rp500 jutaan)

Apartemen bernuansa putih dengan aksesoris home decor milik Raisa (Foto: Cosmogirl)

Sementara itu, Raisa juga tak kalah kreatif dalam mendesain tempat tinggalnya. Terlihat dari desain interior apartemen unit 1 bedroom-nya yang kental akan nuansa shabby chic. Dominasi warna putih dengan aksesoris vintage yang unik membuat apartemen seluas 94 meter persegi itu nyaman untuk ditinggali.

Desain kamar tidur yang bernuansa feminin di apartemen Raisa (Foto: Cosmogirl)

Meski demikian, Raisa mengaku lebih senang tinggal di hunian tapak. Tinggal di apartemen tengah kota menurutnya hanya sebagai solusi praktis karena dekat dengan lokasi beraktivitas dan mobilitas.

Selaras dengan yang diungkapkan Hamish, Raisa juga lebih menyukai hunian yang berada di pinggir kota. "Saat ini saya ingin rumah yang lebih ke tengah kota. Tetapi, seiring bertambahnya umur dan  setelah berkeluarga nanti, saya ingin rumah yang di pinggir kota, karena lebih tenang," paparnya kepada Rumah.com.

(Baca juga: Raisa Tentang Rumah Idaman dan Gaya Eklektik)

Gambaran rumah idaman ala Raisa juga tidak perlu terlalu besar dan mewah, tetapi harus penuh kehangatan dan mewakili pribadinya. Ia juga memilih gaya eklektik yang merupakan campuran beberapa gaya desain untuk diadopsi huniannya.

Jadi, sudah terbayang kan, seperti apa hunian yang akan menjadi tempat tinggal kedua pasangan ini kelak? Sebuah hunian dengan interior eklektik dan desain arsitektur yang alami dan teduh di pinggiran kota kurang lebih akan menjadi tipikal rumah idaman mereka. Tertarik untuk mencontek sebagai inspirasi?

 

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tas Tersangkut Kereta yang Melaju, Perempuan Ini Nyaris Tewas

Posted: 17 Jul 2017 09:09 PM PDT

Sebuah rekaman memperlihatkan seorang perempuan terseret sepanjang peron setelah tasnya tersangkut pintu kereta di sebuah stasiun bawah tanah di Roma, Italia. Perempuan itu bernama Natalya Garkovich. Ia kini berada di ruangan Intensive Care Unit (ICU).

Dikutip dari BBC pada Selasa (18/7/2017), insiden itu terjadi ketika sensor pintu kereta gagal mendeteksi tas Natalya ketika perempuan itu turun dari kereta. Tak hanya itu, rem darurat tak berfungsi. Insiden itu membuat keselamatan kereta bawah tanah atau metro di Roma, Italia, jadi tanda tanya.

Selain dari kegagalan sistem kereta, human error mungkin terlibat dalam kecelakaan tersebut. Rekaman memperlihatkan masinis Gianluca Tonelli sedang makan sebelum menjalankannya keretanya.

Insiden itu kini tengah diinvestigasi, sementara Tonelli bersikeras bahwa ia mengikuti protokol.

"Saya tahu bahwa saya ikut salah dan perasaan saya hancur dengan apa yang menimpa perempuan itu," kata Tonelli kepada koran Italia, Corriere della Sera.

"Namun, video juga merekam saat saya juga melihat dua kali ke kaca sesuai protokol yang berlaku. Jelas saya tidak ceroboh," ujarnya bersikeras.

Insiden itu terjadi pada Rabu, 12 Juli 2017. Namun, rekaman terseretnya korban yang berusia 43 tahun baru beredar pada akhir pekan ini.

Menurut media lokal, Natalya adalah warga Belarus. Kini kondisinya berangsur-angsur pulih. Laporan menyebut perempuan itu mengalami patah tulang akibat kecelakaan itu.

CCTV memperlihatkan Natalia tengah naik ke kereta di Stasiun Termini. Namun, ia berubah pikiran pada menit-menit terakhir. Ia memutuskan tak jadi berangkat.

Ketika ia ingin turun dari kereta, tasnya tersangkut. Usaha penumpang lainnya untuk membebaskan tali tas Natalya tak berhasil, akibatnya ia terseret.

Kantor berita setempat melaporkan bahwa penumpang yang berada di kereta api menarik sejumlah tuas darurat, tapi tidak berhasil.

Masinis Tonelli tahu kecelakaan terjadi saat dia masuk ke stasiun berikutnya, menurut laporan yang beredar.

Rekaman CCTV menunjukkan bahwa Tonelli sedang makan saat kereta berada di peron.

Namun, Carlo Rienzi, presiden kelompok hak konsumen Codacons, mengatakan bahwa kegagalan kedua pintu dan tuas darurat tersebut bisa berarti sang masinis tidak dapat sepenuhnya disalahkan.

"Sistem darurat di kereta harus berfungsi dengan baik," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Oleh karena itu, kami menganggap keterlaluan bagi yang mengatakan bahwa masinis sepenuhnya bertanggung jawab. Anda harus menyelidiki secara menyeluruh sistem keamanan kereta bawah tanah Roma dan pengoperasiannya."

Sementara itu, Stefano Bottoni, sekretaris nasional serikat buruh, mengatakan tindakan ekstra diperlukan untuk menghindari terulangnya kecelakaan tersebut.

"Jika kereta dilengkapi dengan kamera di ruang masinis mungkin jalan ceritanya akan berbeda," katanya kepada kantor berita Ansa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Jurus Pemerintah Turunkan Jumlah Orang Miskin di RI

Posted: 17 Jul 2017 09:06 PM PDT

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan jumlah orang miskin di Indonesia bertambah 6.900 orang menjadi 27,77 juta orang pada Maret 2017 dibanding September 2016. Angka kemiskinan tersebut setara dengan tingkat 10,64 persen atau masih lebih tinggi dari target pemerintah sebesar 10,50 persen di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, peningkatan jumlah orang miskin selama 6 bulan ini (September 2016-Maret 2017) disebabkan karena keterlambatan distribusi bantuan pemerintah kepada rakyat miskin.

"‎Di awal tahun ada keterlambatan pencairan berbagai bantuan pemerintah untuk rumah tangga sasaran," tegas Bambang dalam pesan singkatnya yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Selasa (18/ 7/2017).

Namun Bambang memastikan bahwa penyaluran bantuan pemerintah untuk rumah tangga miskin saat ini sudah berjalan normal. Ia pun menegaskan, pemerintah akan mengawasi secara ketat distribusi bantuan tersebut agar diterima masyarakat miskin tepat waktu sehingga mampu menurunkan angka maupun tingkat kemiskinan.

"Sekarang sudah berjalan normal dan diawasi ketat agar bisa menurunkan kemiskinan. Termasuk memberi lebih banyak bantuan secara tepat," jelas Mantan Menteri Keuangan itu.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan segera mengeksekusi kebijakan penanaman kembali (replanting) untuk tanaman kelapa sawit di perkebunan rakyat seluas 30 ribu hektare (ha).

"Program replanting tahap I pilot project seluas 30 ribu ha. Kita laksanakan tahun ini," ujar Eks Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Kebijakan tersebut, kata Sofyan, dapat menurunkan angka kemiskinan di Indonesia karena akan menyentuh perkebunan rakyat. "Tentu (menurunkan kemiskinan). Replanting kan untuk tanaman kelapa sawit rakyat yang sudah tua. Karena yang perlu di replanting saja ada 1 juta ha kebun," jelasnya.

Lebih jauh tutur Sofyan, program peremajaan kebun sawit 30 ribu ha akan dijalankan dengan menggunakan gabungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit sekitar Rp 20 juta per ha, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan para pengusaha sawit yang ditunjuk menjadi pembina, avalis, serta off taker.

"Kita juga akan berikan sertifikat tanah, sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO), bantuan teknis, jaminan ‎avalis dari pengusaha , serta bibit sawit terbaik, karena rakyat selama ini menjadi korban dari bibit yang tidak berkualitas," tegasnya.

Menurutnya, pemerintah akan memilih lokasi peremajaan kebun sawit yang sektor koperasinya berjalan kuat. "Kan kita beri pinjaman, bantuan replanting, sertifikat ISPO. Jadi koperasi yang akan mendisiplinkan orang-orang (petani) karena kalau diberikan individu nanti tidak dibayar," ujar Sofyan.

Pemerintah bakal menjalankan pilot project replanting 30 ribu ha kebun sawit pada tahun ini. "Kalau pilot project ini berhasil, kita akan tambah lagi di tahun depan," papar Sofyan.

‎Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, berupaya untuk mempercepat pelaksanaan paket kebijakan pemerataan ekonomi melalui redistribusi lahan, dan lainnya untuk menurunkan angka kemiskinan.

"Kebijakan pemerataan ekonomi harus bisa di push. Itu kan belum jalan. Baru mulai jalan sedikit, tapi Agustus ini kita akan percepat," ia menerangkan.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA Siap Selamatkan Bumi dari Ancaman Asteroid Tahun 2022

Posted: 17 Jul 2017 09:02 PM PDT

NASA berencana untuk menabrakkan pesawat ruang angkasa berukuran kulkas, dengan kecepatan sekitar sembilan kali lebih cepat dari peluru ke asteroid yang mengancam Bumi. Harapannya, tabrakan yang terjadi dapat memaksa asteroid tersebut mengubah orbitnya.

Teknik tersebut disebut Asteroid Redirection Test (DART) dan target untuk misi pertama adalah sebuah asteroid yang akan mendekati Bumi pada Oktober 2022.

"DART akan menjadi misi pertama NASA untuk menunjukkan teknik impactor kinetik yaitu teknik memukul asteroid untuk menggeser orbitnya," kata Lindley Johnson, perwira pertahanan planet di Markas Besar NASA di Washington.

Asteroid yang bakal mengunjungi Bumi pada 2022 tersebut yakni asteroid kembar Didymos. Asteroid ini memiliki dua badan, Didymos A dengan ukuran sekitar 780 meter dan Didymos B dengan ukuran sekitar 160 meter.

DART yang dijadwalkan diluncurkan pada 2020, hanya akan berdampak pada semakin kecilnya Didymos B. Sistem Didymos sendiri telah dipelajari sejak tahun 2003.

"DART adalah langkah penting dalam menunjukkan bahwa kita dapat melindungi planet kita dari dampak asteroid di masa depan," kata Andy Cheng, tim investigasi DART.

Melansir dari Hindustan Times, setelah diluncurkan, DART akan terbang ke Didymos dan menggunakan sistem penargetan otomasi on-board untuk mengarahkan dirinya ke Didymos B. Kemudian, pesawat ruang angkasa tersebut akan menyerang asteroid yang lebih kecil dengan kecepatan sekitar sembilan kali lebih cepat dari peluru. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jabatan Kepala Sekolah Melayang Gara-Gara Duit Rp 2 Juta

Posted: 17 Jul 2017 09:02 PM PDT

Dugaan pungutan liar (pungli) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Pekanbaru terbukti setelah salah seorang kepala sekolah dicopot dari jabatannya.

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 189 dicopot Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru karena membiarkan pungli terjadi. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, kepala sekolah bernama Dalfah di Jalan Cipta Karya, Kecamatan Tampan itu disebut memungut Rp 2 juta terhadap orangtua siswa baru.

"Dicopot dan ditarik ke UPTD di Tampan. Penggantinya sudah kita tunjuk, namanya Firdaus yang sebelumnya menjabat sebagai kepala seksi SD di dinas," kata Jamal, Senin siang, 17 Juli 2017.

Jamal mengakui sudah menemui langsung kepala sekolah dimaksud. Kepada Jamal, Dalfah tidak menampik hal tersebut. Hanya saja, sang kepala sekolah yang sudah dicopot membantah langsung melakukannya sendiri.

"Dia berdalih bukan melakukannya, hanya tahu ada yang melakukan pungutan di sekolahnya," kata Jamal.

Meski membantah melakukan tapi mengetahuinya, Jamal menilai Dalfah sudah gagal menciptakan proses penerimaan peserta didik baru yang bersih, sebagaimana yang diinginkan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Kepada pelaksana tugas kepala sekolah yang baru, Jamal berharap segera menertibkan aksi pungli itu. Termasuk adanya kabar penambahan kuota murid di sekolah tersebut, sehingga terjadinya pungli kepada wali murid.

Terkait pungutan Rp 2 juta tadi, komite sekolah berdalih kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemko Pekanbaru sebagai uang pembangunan. Namun, hal itu tidak dapat dibenarkan karena pembangunan sekolah negeri sudah ditanggung pemerintah.

"Pelaksana tugas kepala sekolah tindak lanjuti ini, tidak dibenarkan ini terjadi," kata Jamal.

Sebelumnya, indikasi pungli dalam penerimaan murid baru ini ditemukan Ombudsman RI Perwakilan Riau untuk jenjang pendidikan SD. Dugaan tersebut mencuat setelah pihaknya menerima pengaduan dari masyarakat.

"Kita lagi mengumpulkan data, barang bukti dan keterangan korban. Memang sedikit agak repot karena mereka melapor setelah PPDB selesai. Setelah pengumuman, baru banyak informasi dan laporan yang masuk," kata Komisioner Ombudsman RI Perwakilan Riau, Bambang Pratama.

Dia menyebutkan, ‎pungutan tersebut dilakukan oleh pihak sekolah dengan dalih uang bangku. Meski tidak menjelaskan SDN mana yang diduga memungut uang bangku tersebut, pihaknya mendapatkan laporan dari korban besaran pungutan tersebut senilai Rp 2 juta.

"Kalau terbukti, tentu uangnya harus dikembalikan dan kepala sekolahnya diberikan saksi tegas. Jika perlu dicopot dari jabatanya sebagai kepala sekolah karena sejak awal kan sudah diwanti-wanti tidak boleh ada pungutan dalam proses penerimaan siswa baru," kata Bambang.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabung Juventus, Kiper Arsenal Tinggal Jalani Tes Medis

Posted: 17 Jul 2017 09:00 PM PDT

Kiper cadangan Arsenal, Wojciech Szczesny, mulai menemui titik terang soal masa depannya. Ia dikabarkan akan segera bergabung dengan Juventus dan akan menjalani pemeriksaan medis di Turin hari ini (18/7/2017).

Rumor Szczesny bakal ke Juventus sejatinya sudah cukup lama terdengar, tepatnya sejak masa peminjamannya bersama AS Roma berakhir musim lalu. Peluangnya untuk meninggalkan Arsenal cukup terbuka karena ia tak punya jaminan untuk mendapatkan tempat utama.



Pasalnya, Arsenal masih memiliki Petr Cech dan sang pelatih Arsene Wenger lebih memilih kiper Republik Ceko itu ketimbang Szczesny. Meski demikian, jalan Juventus untuk mendapatkan Szczesny nyatanya tak mudah.

Kiper Polandia itu sempat enggan bergabung dengan Si Nyonya Tua jika hanya akan menjadi kiper cadangan. Sebab, saat ini ia justru mengincar waktu bermain di klub guna mengamankan posisinya di Timnas Polandia untuk Piala Dunia 2018.

Selain itu, Arsenal juga tidak begitu saja membuang Szczesny meski hanya kiper cadangan. The Gunners tetap memasang banderol 12 juta euro kepada Juventus meskipun kiper 27 tahun itu akan habis kontraknya tahun depan. *

Saksikan video menarik di bawah ini:

Kiper Roma asal Polandia Wojciech Szczesny dalam laga melawan Fiorentina. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Sebelumnya, Juventus keberatan dengan harga tersebut. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa I Bianconeri siap memenuhi permintaan Arsenal soal harga.

Szczesny akan mendarat di Turin hari ini, Selasa (18/7/2017), untuk merampungkan urusan transfernya. Juventus akan membayar 11-12 juta euro plus bonus kepada Arsenal. Dengan demikian, Szczesny diperkirakan akan ikut dalam tur pramusim Juventus ke Amerika Serikat.

Selain Szczesny, incaran Juventus lainnya, Mattia De Sciglio, juga akan segera bergabung, menyusul keberhasilan transaksi yang berlangsung hari Senin (17/7/2017). Juventus akan membayar 12 juta euro plus bonus kepada AC Milan untuk bek 24 tahun itu. * (Abul Muammar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emoji Tertawa Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Posted: 17 Jul 2017 09:00 PM PDT

Facebook merayakan Hari Emoji Dunia dengan merilis data baru tentang popularitas emoji di seluruh dunia. Masing-masing negara ternyata memiliki emoji favorit di Facebook dan Messenger.

Dikutip dari keterangan resmi Facebook, Selasa (18/7/2017), lebih dari 60 juta emoji di Facebook dan lebih dari lima miliar emoji di Messenger digunakan setiap hari.

Emoji yang paling banyak digunakan di Facebook oleh para pengguna Indonesia selama 30 hari terakhir adalah emoji "Rolling on the Floor Laughing" (tertawa terbahak-bahak). Sementara, emoji favorit di Messenger adalah emoji "Laugh" (tertawa).

Sebagian besar wilayah di dunia dipenuhi dengan kegembiraan dan canda tawa, karena emoji yang paling banyak digunakan di Facebook secara global selama 30 hari terakhir adalah "Face With Tears of Joy", diikuti "Smiling Face With Heart-Shaped Eyes" dan "Face Throwing a Kiss".

Emoji yang paling banyak digunakan di Messenger selama 30 hari terakhir adalah "Face With Tears of Joy", diikuti "Face Throwing a Kiss" dan "Smiling Face With Heart-Shaped Eyes".

Infografis penggunaan emoji di Facebook dan Messenger (Foto: Facebook)Dalam perayaan Hari Emoji Dunia, Facebook sekaligus merilis 16 stiker baru dari karakter emoji favorit pengguna. Sejumlah stiker baru ini juga dalam rangka merayakan The Emoji Movie, yang akan segera tayang di bioskop.

Paket stiker baru ini sudah tersedia dan pengguna bisa menggunakannya. Penggunaan stiker di Messenger pun cukup mudah. Pertama, buka percakapan yang sudah ada pada aplikasi Messenger dan tekan ikon senyum di dalam kolom teks. Kemudian cari stiker yang diinginkan dan pilih favorit kalian.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspresi Romelu Lukaku Cetak Gol Perdana untuk Manchester United

Posted: 17 Jul 2017 09:00 PM PDT

Penyerang Manchester United, Romelu Lukaku melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Salt Lake pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

Penyerang Manchester United, Romelu Lukaku melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Salt Lake pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

Ekspresi Romelu Lukaku usai mencetak gol ke gawang Real Salt Lake pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

Ekspresi Romelu Lukaku usai mencetak gol ke gawang Real Salt Lake pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

Gelandang Manchester United, Paul Pogba berusaha mengontrol bola saat bertanding melawan Real Salt Lake pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

Gelandang Manchester United, Paul Pogba berusaha mengontrol bola saat bertanding melawan Real Salt Lake pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

Kiper Manchester United Joel Castro Pereira gagal menghalau bola tendangan gelandang Real Salt Lake, Luis Silva (20) pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

Kiper Manchester United Joel Castro Pereira gagal menghalau bola tendangan gelandang Real Salt Lake, Luis Silva (20) pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berusia 26 Tahun, Gadis Ini Tampak Tua

Posted: 17 Jul 2017 09:00 PM PDT

Sara Geurts mengalami kelainan kulit yang membuatnya tampak tua. Ketika berusia 10 tahun, ia didiagnosis menderita Dermatosparaxis Ehlers-Danlos Syndrome (EDS). EDS merupakan penyakit kulit langka yang menghalangi produksi kolagen. Akibatnya, Sara memiliki kulit keriput dan tampak tua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: