Senin, 24 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Small MPV Mitsubishi Pakai Sistem Gerak Roda Depan, Ini Alasannya

Posted: 24 Jul 2017 10:12 PM PDT

Untuk pasar mobil keluarga level rendah atau low multi purpose vehicle (LMPV), berbagai model penggerak roda diterapkan. Sebut saja Toyota Avanza dengan penggerak roda belakang, sementara Honda Mobilio dengan penggerak roda depan.

Sementara itu, pendatang baru di kelas paling sengit di Tanah Air ini, yaitu [small MPV Mitsubishi](3033542/ "") yang baru diperkenalkan mengadopsi sistem penggerak roda depan. Padahal, jika dilihat dari fungsinya, meskipun tidak 4x4, penggerak roda belakang sangat mumpuni di kontur jalan menanjak dan rusak.

Dijelaskan Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategy Division Mitsubishi Motor Corporation (MMC), penggerak roda depan sangat cocok untuk LMPV. Terlebih, banyak kompetitor yang juga menggunakan penggerak roda depan ini.

"Sebagian besar small MPV itu penggerak roda depan, jadi kami maju terus dengan itu," jelas Kishii di sela-sela perkenalan small MPV Mitsubishi di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Senin (24/7/2017).

Selain itu, pria asal Jepang ini menilai, penggerak roda depan cocok digunakan untuk small MPV juga memiliki efisiensi mekanis yang lebih baik dibanding penggerak roda belakang.

Untuk diketahui, small MPV Mitsubishi ini dipersenjatai dengan mesin bensin MIVEC 16 katup berkapasitas 1.5 liter. Unit tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis empat percepatan, dan transmisi manual lima percepatan.

Dalam perkenalan ini, Mitsubishi belum memberikan detail berapa tenaga yang dihasilkan mesin tersebut. Dan untuk informasi lengkapnya, bakal diberikan saat peluncuran di Gaikindo Indonesia International Auto SHow (GIIAS) 2017, 10 Agustus mendatang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Anak Usai 20 Tahun Menanti, Ibu Ini Malah Dicerai Suami

Posted: 24 Jul 2017 10:10 PM PDT

Hidup berumah tangga memang menjadi salah satu impian banyak orang. Setiap pasangan yang telah menikah, pastinya menginginkan hidup yang tentram dan dikaruniai buah hati.

Hal tersebut pun diimpikan pasangan dari Serbia ini. Atifa Ljajic dan suaminya, Serif Nokic telah mencoba untuk memiliki anak selama lebih dari 20 tahun. Namun tak disangka, kesabarannya berbuah hasil.

Perempuan berusia 60 tahun itu baru-baru ini melahirkan seorang bayi perempuan. Namun sayangnya, pada hari yang sama, suaminya malah meninggalkannya dan bayi mereka.

Seperti diberitakan Odditycentral, Selasa (25/7/2017), meski kelahiran bayinya sebagai kado terindah, tapi Serif memutuskan untuk meninggalkan istri dan anaknya itu. Dia mengklaim bahwa membesarkan seorang bayi pada usia 68 tahun akan merugikan kesehatannya.

"Saya tahu ini akan berisiko besar di usia saya sekarang. Namun, satu-satunya harapan dalam hidup saya adalah memiliki anak, dan itu terjadi. Saya tidak takut sama sekali, karena Tuhan memberiku keberanian," kata Alifa.

Serif awalnya menentang kehamilan istrinya di usianya yang sudah tua, tapi dia mulai menyadari bahwa istrinya sangat bahagia ketika mengetahui akan memiliki bayi. Sayangnya, Serif menyadari bahwa betapa sulitnya hidup dengan bayi, apalagi ketika mendengar bayi itu menangis.

"Saya berusia 68 tahun dan saya sakit. Saya penderita diabetes dan saya memiliki hati yang lemah. Jadi, tidak mudah bagi saya untuk tidur semalaman jika mendengar tangisan bayi. Dia mendapatkan apa yang dia inginkan, sekarang dia bahagia," kata Serif kepada wartawal lokal.

Serif bahkan berjanji tidak mau mendaftarkan Alina secara legal sebagai anaknya, jadi ibunya akan membesarkan bayinya sendirian.

Untuk membesarkan putri kecilnya, ibu berusia 60 tahun itu hanya bisa mengandalkan pensiunannya. Dia bahkan harus melunasi pinjaman selama perawatan kehamilannya. Meski dia akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tapi dia optimis dan sangat bahagia dengan kelahiran anaknya.

"Apapun yang terjadi, jika Serif tetap atau tidak, saya akan berjuang untuk membesarkan Alina sebaik mungkin. Meski ini tidak mudah, tapi saya tahu masih banyak orang baik yang akan membantu saya," tambah Alifa.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jupe Yakin Persib Bangkit di Putaran Kedua

Posted: 24 Jul 2017 10:10 PM PDT

Persib menjalani periode buruk pada putaran pertama Liga 1 2017. Tim Maung Bandung terpaku di posisi ke-14 klasemen sementara.

Hal ini sangat jauh dari target Persib pada awal musim yakni menargetkan untuk mempertahankan gelar ISL 2014. Tak heran Djadjang Nurdjaman pun mundur dari kursi kepelatihan.

"Situasi ini tentu buat semua kecewa. Namun kami harus menatap ke depan," kata bek Achmad Jufriyanto seperti dilansir laman resmi Persib.

"Kami sedang berusaha untuk bangkit. Semoga saja putaran kedua bisa lebih baik dari putaran pertama ini," ujarnya menambahkan.

Dalam laga terakhir Persib hanya bermain imbang 1-1 melawan Persija. Itu artinya mereka belum pernah menang dalam empat laga terakhir.

Persib baru bermain lagi pada 29 Juli mendatang. Mereka akan menantang tuan rumah Perseru Serui.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Tips untuk Tampil Sempurna Saat Live Streaming

Posted: 24 Jul 2017 10:06 PM PDT

Saat ini live streaming merupakan aktivitas yang semakin digemari masyarakat. Baik di Facebook, YouTube, apalagi Instagram Live, para pengguna smartphone berbondong-bondong tampil secara langsung, di manapun dan saat melakukan aktivitas apapun dalam keseharian mereka.

Dengan alasan itulah produsen smartphone terkemuka juga menghadirkan solusi baru bagi pengguna yang gemar melakukan live streaming alias siaran langsung tersebut. 

ASUS, sebagai salah satu pemain utama di industri smartphone di Indonesia bahkan menghadirkan Zenfone Live, ponsel pertama di dunia yang memiliki fitur BeautyLive. Teknologi pemercantik atau beautification saat live streaming, merupakan fitur yang sangat pas untuk menopang kebutuhan pengguna agar tampil sempurna.

Bicara soal live streaming, berikut ini 8 tips yang perlu diperhatikan agar tampil sempurna. Khususnya saat menggunakan ASUS Zenfone Live.

Kenakan busana terbaikmu

Agar menarik perhatian pemirsa, khususnya teman-teman di lini masa Anda, tentu Anda harus memperhatikan penampilan Anda sebelum tampil secara langsung. Kenakan busana terbaik yang kamu miliki dan sesuaikan dengan suasana serta apa yang akan Anda sampaikan pada pemirsa.

Merias wajah

Anda tentu tidak ingin ditinggalkan pemirsa karena Anda tampil suntuk saat live streaming bukan? Untuk itu, sebelum tampil, pastikan wajah Anda tampil sempurna dengan merias wajah Anda terlebih dahulu. Namun ini tidak ada masalah jika Anda menggunakan Zenfone Live. Fitur BeautyLive akan membuat Anda tampil sempurna, tanpa perlu dandan dan merias wajah lebih dulu.

Cari background

Sebelum tampil langsung, Anda juga perlu memperhatikan apa yang ada di belakang Anda saat siaran. Sebagai contoh, kalau Anda ingin bercerita tentang makanan enak yang sedang Anda makan, tentunya tidak perlu siaran dari TPST bukan? Pokoknya, jangan sampai salah pilih background sehingga pemirsa Anda gagal fokus!

Perhatikan Pencahayaan

Kalau Anda siaran dari tempat yang agak redup, misalnya restoran fine dining yang romantis, tentu Anda perlu mencari posisi yang paling pas agar wajah Anda tetap tampak jelas saat siaran. Nah, dengan ASUS Zenfone Live, ini juga bukan menjadi masalah.

Menggunakan fitur BeautyLive, selain Anda bisa mempercantik wajah, Anda juga bisa mengaktifkan LED flash kamera depan. Dengan demikian, siaran dari tempat gelap pun tidak masalah.

Cari Sudut yang pas

Saat tampil secara langsung, perhatikan sudut pandang atau frame di mana Anda akan disaksikan oleh rekan-rekan Anda nantinya. Dan kalau Anda tampil live dengan teman-teman Anda, pastikan wajah mereka juga masuk dalam frame. Jangan sampai mereka sudah bicara panjang lebar, tapi hanya separuh wajah mereka yang terlihat. Gunakan smartphone yang puna kamera depan dengan sudut pandang lebar, minimal 82 derajat seperti ASUS Zenfone Live.

Bagikan cerita berkesan

Agar menarik, Anda tentu perlu menyiapkan cerita yang seru atau menyenangkan atau berkesan pada pemirsa Anda. Sesekali berbagi cerita sedih tentu akan membuat follower Anda bisa melihat sisi lain dari keseharian Anda. Tetapi kalau terus itu yang diumbar, bisa jadi Anda malah ditinggalkan. Anda tidak ingin ini terjadi bukan?

Interaksi dengan pemirsa

Saat Anda tampil live, dan ada komentar masuk, pastikan Anda menjawab komentar-komentar tersebut, apalagi jika mereka memberikan tanggapan yang positif. Jangan lupa sebut juga nama mereka agar mereka merasa lebih dihargai dan akan merasa dekat dengan Anda. Jangan khawatir masalah bandwidth. Kalau smartphone Anda mendukung konektivitas 4G dari seluruh operator GSM ataupun penyedia layanan 4G internet lainnya seperti Zenfone Live, urusan koneksi bukanlah masalah.

Tebarkan keceriaan

Ajaklah pemirsa Anda bergembira bersama saat Anda tampil live. Ajak mereka bernyanyi bersama, apalagi kalau misalnya Anda punya kemampuan bermusik. Silakan Anda menggelar konser bagaikan musisi terkenal di depan smartphone dan rekan-rekan Anda yang menjadi penontonnya!

Nah, sudah siap tampil di hadapan dunia?

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam Hitungan Detik, Presenter TV India Tertimpa Pohon 7,5 Meter

Posted: 24 Jul 2017 10:01 PM PDT

Nasib nahas menimpa Kanchan Nath saat bekerja. Wanita yang berprofesi sebagai presenter di salah satu televisi India ini meregang nyawa karena tertimpa pohon palem.

Ironisnya, penebangan pohon tersebut merupakan salah satu gagasannya.

Dikutip dari laman Mirror, Selasa (25/7/2017), wanita berusia 58 tahun itu ternyata sempat menandatangani petisi beberapa bulan sebelum penebangan pohon berlangsung. Kejadian tragis yang menimpanya terjadi ketika dirinya tengah berjalan melewati deretan toko sesaat usai mengikuti kelas yoga di Mumbai, India.

Saat menuju arah pulang, wanita itu melewati lokasi pohon yang hendak ditebang tersebut. CCTV di sekitarnya merekam saat pohon palem setinggi 7,5 meter itu roboh dan menimpa Kanchan dalam hitungan detik.

Akibat kejadian tersebut, tubuh presenter televisi di saluran Doordarshan yang dikelola oleh pemerintah India itu terbaring lemas di jalanan, dengan posisi pohon menimpanya.

Wanita separuh baya itu dilaporkan menderita luka dan patah tulang akibat hantaman pohon.

Warga di sekitarnya pun bergegas membantu korban dan mengangkat reruntuhan pohon yang menimpa Kanchan. Tubuhnya lalu digeser ke tempat yang lebih aman sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Meski telah mendapatkan perawatan dari pihak medis, nyawa Kanchan tak tertolong. Ia meninggal karena cedera otak dari benturan yang sangat keras pasca-tertimpa pohon.

"Ada banyak warga yang teriak dan lalu lalang meminta pertolongan," ujar salah satu saksi mata, Arjun Singh.

"Saya tak tahu mengapa hal ini bisa terjadi pada wanita tersebut. Mungkin saja sudah nasibnya," tambah warga.

Para sahabat pun turut menyampaikan duka cita atas kematian Kanchan, sosok guru yoga dengan banyak kolega.

"Sahabatku Kanchan Nath yang sangat kami sayangi, aku akan selalu merindukanmu," tulis Rekha Rao, salah satu sahabatnya.

Menanggapi hal ini, suami Kanchan, Rajat Nath menyalahkan Brihanmumbai Municipal Corporation (BMC) -- Badan Sipil yang mengatur kota Mumbai.

Rajat mengatakan, kejadian ini terjadi karena BMC tak membiarkan warga menebang pohon tersebut meski telah diberi tahu bahwa pohon palem itu bisa tumbang kapan saja.

Pasangan suami istri itu dikabarkan telah menandatangani petisi agar pohon itu segera ditebang demi keselamatan masyarakat sekitar. Namun nahas, satu di antara mereka meregang nyawa sebelum pemohonan itu dikabulkan.

Korporasi Perwakilan Lingkungan Asha Marathe sebelumnya mengklaim bahwa pohon tersebut masih dalam kondisi baik, sehingga menolak untuk menebangnya.

"Tim dari BMC menolak izin untuk memotong pohon tersebut karena masih dalam kondisi baik," ujar Asha.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejuaraan Voli Asia 2017, Jadwal Timnas Indonesia Hari Ini

Posted: 24 Jul 2017 10:00 PM PDT

Timnas Voli Indonesia mendapatkan hasil positif pada laga perdana Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017. Menghadapi Arab Saudi di GOR Tri Dharma, Gresik, Senin (24/7/2017), tim asuhan Samsul Jais itu menang dengan skor 3-1.

Berkat kemenangan itu, Timnas Voli Indonesia pun berhak menempati posisi teratas klasemen Grup A Kejuaraan Voli Asia 2017. Kemenangan dengan skor 3-1 membuat Timnas Indonesia menjadi satu-satunya tim di Grup A yang meraih tiga poin.

Namun, Timnas Voli Indonesia akan mendapatkan ujian berat pada laga kedua Grup A. Itu karena mereka akan bertemu Kazakhstan yang mampu mengalahkan Qatar dengan skor 3-2. Kazakhstan sendiri ada di posisi kedua dengan raihan dua poin.

Pada laga lain Grup A, Qatar akan bertemu Arab Saudi. Qatar yang dikejutkan dengan kebangkitan Kazakhstan masih memiliki peluang untuk lolos ke 8 besar. Namun mereka harus menang atas Arab Saudi dengan skor 3-0 atau 3-1.

Sebanyak 16 tim ambil bagian pada Kejuaraan Voli Asia 2017 yang dibagi dalam 4 grup. Indonesia berada di Grup A bersama Arab Saudi, Kazakhstan, dan Qatar.

 

Jadwal Indonesia di Kejuaraan Voli Asia 2017

16:30 WIB: Indonesia vs Kazakhstan (live iNews)

Posisi/Tim/Menang/Kalah/Game/Poin

Grup A

1. Indonesia: 1 / 0 / 3-1 / 3
2. Kazakhstan: 1 / 0 / 3-2 / 2
3. Qatar: 0 / 1 / 2-3 / 1
4. Arab Saudi: 0 / 1 / 1-3 / 0

Grup B

1. China Taipei: 1 / 0 / 3-0 / 3
2. Iran: 1 / 0 / 3-0 / 3
3. Iraq: 0 / 1 / 0-3 / 0
4. Pakistan: 0 / 1 / 0-3 / 0

Grup C

1. Jepang: 1 / 0 / 3-0 / 3
2. Korsel: 1 / 0 / 3-0 / 3
3. Vietnam: 0 / 1 / 0-3 / 0
4. Sri Lankna: 0 / 1 / 0-3 / 0

Grup D

1. Australia: 1 / 0 / 3-0 / 3
2. Tiongkok: 1 / 0 / 3-0 / 3
3. Thailand: 0 / 1 / 0-3 / 0
4. Hong Kong: 0 / 1 / 0-3 / 0

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Srikandi Silicon Valley Bersatu Perangi Pelecehan Seksual

Posted: 24 Jul 2017 10:00 PM PDT

Pelecehan seksual terjadi di banyak tempat, tak terkecuali di lingkungan kerja. Bahkan, tindakan tersebut kerap dialami karyawan wanita di perusahaan teknologi ternama. Sebut saja Uber salah satunya.

Kasus pelecehan seksual yang terjadi pada eks karyawan Uber Susan Fowler, menjadi awal dari 'borok' Silicon Valley yang kini disorot publik.

Tak cuma itu, sejumlah petinggi perusahaan teknologi di Silicon Valley, AS seperti Dave McClure, Justin Caldbeck, Matt Mazzeo, Jonathan Teo, Amit Singhal, Ed Baker, Emil Michael, dan Travis Kalanick juga tersandung kasus pelecehan seksual.

McClure, co-founder sekaligus managing partner 500 Startups mengundurkan diri pada 3 Juli lalu. Langkah itu diambilnya setelah sejumlah perempuan termasuk mantan CEO program inkubator Malaysia MaGIC Cheryl Yeoh blak-blakan soal pelecehan yang dilakukan McClure.

Deretan kasus di atas, mirisnya berpotensi mencoreng perusahaan-perusahaan teknologi di kawasan tersebut. Memandang hal ini, tiga entrepreneur wanita Silicon Valley, mendirikan startup dengan layanan situs web bernama BetterBrave. Ketiganya adalah Grace Choi, Tammy Cho, dan Annie Shin.

Ketiga wanita tersebut mengaku tergerak setelah melihat kasus yang dialami Fowler. Terlebih, situasi yang dialaminya bisa menjadi indikasi ke masalah yang lebih besar jika dibiarkan begitu saja.

Menurut yang dilansir Mashable pada Selasa (25/7/2017), BetterBrave adalah situs web berisikan konten hukum pemerintah AS terkait pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kerja.

Tak cuma itu, situs yang dirilis pada Juli 2017 ini juga menyediakan beberapa artikel tips terkait apa yang harus dilakukan karyawan ketika mengalami pelecehan seksual.

BetterBrave juga memiliki fitur yang memungkinkan korban pelecehan melaporkan kejadian secara langsung. Mereka bisa melapor insiden ke para pihak berwajib, seperti polisi dan bagian HRD dari perusahaan tersebut.

Selama berbulan-bulan, pendiri BetterBrave telah berbicara dengan ratusan karyawan yang ternyata menjadi korban pelecehan seksual. Mereka juga menyosialisasikan risiko dari pelecehan seksual ke beberapa divisi HRD.

Tingginya jumlah laporan korban pelecehan seksual yang kebanyakan dari perusahaan teknologi Silicon Valley, menjadi alasan utama mereka membentuk BetterBrave.

"Pelecehan seksual berdampak pada kondisi psikologis korban. Informasi yang bisa diandalkan terkait perlawanan terhadap pelecehan seksual sekarang tidak banyak tersedia secara online," kata Choi.

BetterBrave diketahui juga bekerjasama dengan pengacara kenamaan di lebih dari 50 wilayah Amerika Serikat yang bisa dikonsultasikan secara gratis. Mereka diketahui turut membantu korban jika berkenan untuk membawanya ke jalur hukum.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Berbagai kasus dugaan pelecehan seksual menunjukkan terjadi perubahan di Silicon Valley, di mana seksisme sejak lama telah menjadi masalah umum--bahkan dianggap budaya buruk. Sayang, kemelut meresahkan tersebut tak pernah terselesaikan.

Pemodal ventura yang dulunya dianggap tidak tersentuh--yang menggunakan kekuatan investasi mereka untuk membungkam para wanita dan perusahaan yang berdiri di belakang mereka--kini juga telah kehilangan dukungan institusional.

Pada 2017, ketika hak perempuan menjadi isu nasional, perlakuan buruk terhadap mereka di sektor teknologi telah menjadi konsekuensi. Isu seksisme dinilai 'mengendap' di Silicon Valley, di mana "mereka yang cerdas tapi jahat" sejak lama ditoleransi, bahkan dihargai. Seorang wartawan Jeff Bercovici pernah menyebut para pelaku pelecehan seksual dianggap istimewa, bukan sebagai gangguan.

Perubahan signifikan yang terjadi pada tahun ini memang dipicu oleh sebuah tulisan Susan Fowler. Fowler mengisahkan pengalamannya diasingkan oleh manajer hingga akhirnya ia diberhentikan oleh HRD karena melaporkan hal tersebut.

Sejak saat itu, muncul lebih banyak cerita soal karyawan perempuan yang dilecehkan di Uber.

 Keberanian Fowler juga menginspirasi sejumlah wanita untuk buka suara. Pekan lalu, lebih dari dua lusin perempuan yang bekerja di bidang teknologi mengaku kepada New York Times bahwa mereka telah dilecehkan secara seksual.

Pengakuan merekalah yang menyeret nama sejumlah petinggi perusahaan teknologi termasuk McClure dan Chris Sacca dari Lowercase Capital, perusahaan ventura.

Terkait dengan fenomena ini, Katrina Lake yang merupakan pendiri sekaligus CEO startup Stitch Fix mengatakan kepada Times, "pengusaha wanita adalah bagian penting dari Silicon Valley. Sangat penting untuk mengekspos jenis perilaku yang dilaporkan dalam beberapa pekan terakhir sehingga masyarakat tahu dan mengatasi masalah ini."

(Jek/Cas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takut Polisi, Manajer Kembalikan Uang ke Vierratale

Posted: 24 Jul 2017 10:00 PM PDT

Grup band Vierratale kini bisa bernapas lega. Uang manajemen band yang dikenal lewat lagu "Dengarkan Curhatku" yang sempat dilarikan sang manajer, Deni Irawan, telah kembali.

Uang senilai ratusan juta rupiah itu dikembalikan si manajer kepada Vierratale karena gencarnya pemberitaan mengenai persoalan tersebut. Apalagi, pihak Vierratale berencana untuk melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib.

"Dia (manajer) beriktikad baik untuk melunaskan. Nah, di situlah, ya sudah berarti artinya saya lihat dia punya iktikad baik," ujar Kevin Aprilio kala ditemui di Central Park, Jakarta Barat, Senin (24/7/2017) malam.

"Beruntungnya saya post di Instagram. Mungkin kalau enggak, (iktikad baik) ini tidak akan terjadi. Dia sudah melunaskan kewajibannya ke saya. Jadi berita soal bawa kabur atau mencuri, intinya dia sudah melunaskan ke saya," ucap Kevin.

Meski sudah menerima uang yang dilarikan si manajer, Kevin Aprilio mengaku belum menghitungnya. Sejauh ini, ia cukup senang dengan kesadaran manajernya yang bertanggung jawab atas uang yang dilarikannya.

"Pokoknya sudah amanlah. Saya belum hitung sepenuhnya sih, besok saya baru hitung," Kevin Aprilio mengungkapkan.

Seperti diketahui, Deni Irawan, Manajer Vierratale, membawa kabur uang sebuah event organizer (EO) yang sebelumnya telah ditransfer ke perusahaan milik Vierratale dan Kevin Aprilio dengan jumlah sekitar ratusan juta rupiah.

Menurut Kevin Aprilio, Deni Irawan membawa kabur uang tersebut lantaran terlilit utang. Tak hanya dengan orang lain, ia juga berutang dengan beberapa karyawan di manajemen Vierratale.

 

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Risma: Pangeran Charles Puji Program Sampah Surabaya

Posted: 24 Jul 2017 10:00 PM PDT

 

Putra mahkota Inggris Pangeran Charles mengapresiasi aksi dan kebijakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam mengelola sampah plastik. Kebijakan pengelolaan sampah plastik di Surabaya dinilai bisa jadi percontohan tingkat internasional.

Kehadiran Risma, panggilan akrab Tri Rismaharini, di Kerajaan Inggris selain diundang Pangeran Charles juga untuk menghadiri acara Simposium Internasional ke-9 PPI-Dunia dan Indonesian Scholars International Convention (ISIC) Konvensi Internasional Sarjana Indonesia (ISIC-SI 2017) diadakan mahasiswa Indonesia.

Para mahasiswa itu tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia PPI UK di Warwick Arts Centre, University of Warwick Senin dan akan berlangsung hingga 27 Juli 2017.

Risma mengatakan Pangeran Charles mengapresiasi apa yang dikerjakannya dalam mengelola sampah plastik di Surabaya.

"Saya diundang oleh Pangeran Charles dan mempresentasikan bagaimana Surabaya mengelola sampah plastik," ujar Risma, Senin siang 24 Juli 2017 waktu Inggris, dilansir Antara.

Dalam pemaparan pada sesi pembangunan, Wali kota Surabaya itu menjelaskan tentang keberhasilannya dalam mengelola kota Surabaya menjadi lebih baik dan asri. Maka Surabaya yang selama ini dinilai sebagai kota yang panas dan semrawut menjadi kota yang nyaman.

Surabaya di bawah kepemimpinannya berhasil menjadi Kota Terbaik Se-Asia-Pasifik versi Citynet pada tahun 2012 dan meraih Penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, Enviromentally Award 2012 serta Nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013.

Selain itu, Surabaya juga meraih dua kategori penghargaan tingkat Asia-Pasifik dalam ajang FutureGov Award 2013, yakni data center melalui Data Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Menyingkirkan 800 kota di Asia-Pasifik.

Sementara Taman Bungkul mendapatkan penghargaan tahun 2013 The Asian Townscape Award dari PBB. Sedangkan Risma mendapatkan penghargaan Mayor of the Month sebagai wali kota terbaik pada Februari 2014. Ia juga mendapatkan penghargaan Socrates Award kategori Future City dari European Business Assembly (EBA) pada April 2014.

Risma juga mengapresiasi acara konferensi yang diadakan mahasiswa Indonesia dengan para wakil dari 50 negara di dunia itu. "Bagus sekali acara yang dilengkapi dengan para pembicaranya yang beragam," katanya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

First Travel Harus Kembalikan Dana Umroh Maksimal 90 hari

Posted: 24 Jul 2017 10:00 PM PDT

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberhentikan program promo umroh murah sebesar Rp 14,3 juta yang ditawarkan PT First Anugrah Karya Wisata atau First Travel. Pemberhentian ini karena usaha yang dijalankan perusahaan dinilai tidak sesuai izin.

Sebagai tindak lanjut ini, Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi OJK meminta First Travel memberikan dua opsi bagi para peserta program yang sudah mendaftar.

Pertama, peserta program umroh tersebut dipersilahkan meminta pengembalian dana yang selama ini sudah dibayarkan kepada First Travel. Mengenai pelaksanaannya, Satgas Investasi memberikan batas waktu pelaksanaannya.

"Sudah jelas, pelaksanaan pengembalian dilakukan dalam waktu 30 sampai dengan 90 hari kerja. Kalau tidak menjalankan kesepakatan ini, ya lihat saja nanti," kata Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing kepada Liputan6.com, Selasa (25/7/2017).

Kedua, peserta program umroh tersebut tetap akan diberangkatkan ke tanah suci. Hanya saja pelaksanaannya akan menunggu selesainya musim haji 2017.

Dari poin yang sudah disepakati dengan Satgas Waspada Investasi, First Travel akan memberangkatkan jemaah umroh setelah musim haji yaitu pada November dan Desember 2017 masing-masing sebanyak 5.000 sampai 7.000 jemaah per bulan.

Perusahaan ini akan menyampaikan timeline atau jadwal keberangkatan jemaah umroh kepada Satgas Waspada Investasi selambat-lambatnya pada bulan September 2017.

Untuk keberangkatan pada Januari 2018 dan seterusnya, First Travel akan menyampaikan jadwal keberangkatan kepada Satgas Waspada Investasi pada bulan Oktober 2017.

Sebelumnya, Direktur Utama First Travel, Andika Surachman, saat dikonfirmasi mengaku akan menghentikan penawaran maupun pendaftaran perjalanan umrah promo yang dibanderol Rp 14,3 juta sesuai keputusan Satgas Waspada Investasi.

"Berdasarkan kesepakatan dengan Satgas, untuk program promo dihentikan dulu. Tapi yang reguler dan VIP tetap jalan," kata Andika saat dihubungi Liputan6.com melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu (23/7/2017).

Pasca-keputusan Satgas Waspada Investasi ini, Andika berjanji akan memperbaiki manajemen internal First Travel untuk mengembalikan lagi kredibilitas perusahaan dan kepercayaan masyarakat. Caranya dengan memberangkatkan jemaah umrah yang selama ini tertunda.

"Sudah pasti kami akan memperbaiki manajemen internal. Setelah itu pembuktian keberangkatan kembali (jemaah umrah)," tegasnya. 

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usir Wabah Penyakit, Suku India Pnar Rayakan Festival Behdienkhlam

Posted: 24 Jul 2017 10:00 PM PDT

Sejumlah pria dari suku India Pnar memikul kereta kayu atau 'Rongs' saat Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival ini digelar untuk mengusir wabah penyakit serta mengharapkan hasil panen yag melimpah. (AP Photo/Anupam Nath)

Sejumlah pria dari suku India Pnar memikul kereta kayu atau 'Rongs' saat Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival ini digelar untuk mengusir wabah penyakit serta mengharapkan hasil panen yag melimpah. (AP Photo/Anupam Nath)

Seorang anak meniup trompet untuk menandai mulainya Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival Behdienkhlam  adalah salah satu festival paling populer di kawasan Meghalaya. (AP Photo/Anupam Nath)

Seorang anak meniup trompet untuk menandai mulainya Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival Behdienkhlam adalah salah satu festival paling populer di kawasan Meghalaya. (AP Photo/Anupam Nath)

Para peserta mempertarungkan patung banteng saat perayaan Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival ini digelar untuk mengusir wabah penyakit serta mengharapkan hasil panen yag melimpah. (AP Photo/Anupam Nath)

Para peserta mempertarungkan patung banteng saat perayaan Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival ini digelar untuk mengusir wabah penyakit serta mengharapkan hasil panen yag melimpah. (AP Photo/Anupam Nath)

Ratusan warga dari suku India Pnar membawa payung saat menonton Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival Behdienkhlam adalah tradisi setempat di kawasan Meghalaya yang digelar setiap tahun. (AP Photo/Anupam Nath)

Ratusan warga dari suku India Pnar membawa payung saat menonton Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival Behdienkhlam adalah tradisi setempat di kawasan Meghalaya yang digelar setiap tahun. (AP Photo/Anupam Nath)

Seorang pria dari suku India Pnar membawa anaknya saat menonton Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival Behdienkhlam  adalah salah satu festival paling populer di kawasan Meghalaya. (AP Photo/Anupam Nath)

Seorang pria dari suku India Pnar membawa anaknya saat menonton Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival Behdienkhlam adalah salah satu festival paling populer di kawasan Meghalaya. (AP Photo/Anupam Nath)

Sejumlah warga dari suku India Pnar menari diatas genangan air saat Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival ini digelar untuk mengusir wabah penyakit serta mengharapkan hasil panen yag melimpah. (AP Photo/Anupam Nath)

Sejumlah warga dari suku India Pnar menari diatas genangan air saat Festival Behdienkhlam di desa Tuber, India (24/7). Festival ini digelar untuk mengusir wabah penyakit serta mengharapkan hasil panen yag melimpah. (AP Photo/Anupam Nath)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagaimana Bunuh Diri Bisa Menular?

Posted: 24 Jul 2017 10:00 PM PDT

 

Ketika Marylyn Monroe meninggal Agustus 1962 akibat bunuh diri, dunia pun bereaksi, terutama para penggemarnya di Amerika Serikat. Di bulan-bulan setelahnya, selalu ada pemberitaan mengenai hal ini. Mendung duka meluas, dan parahnya melonjaknya angka bunuh diri.

Melansir New York Times, dalam sebuah studi ditemukan, angka bunuh diri di AS meningkat sampai 12 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya.

Baru-baru ini, kasus bunuh diri kembali marak diberitakan. Di tanah air, publik dikejutkan dengan kasus bunuh diri yang dilakukan Oka Putra Mahendra, mantan kekasih selebritas internet, Awkarin. Oka sendiri masih berusia 22 tahun.

Dari luar negeri, kematian vokalis band nu-metal Linkin Park juga tak kalah mengejutkannya. Pria berusia 41 tahun ini ditemukan tak bernyawa akibat gantung diri di rumahnya minggu lalu.

Hari ini, Selasa (25/7/2017), publik kembali dikejutkan oleh bunuh diri yang dilakukan oleh dua orang wanita di Bandung. Dua orang wanita ini melompat dari lantai 5A Apartemen Gateaway, Cicadas, Bandung, Senin sore kemarin.

 

video: Vokalis Linkin Park Tewas Bunuh Diri
Setelah Chester Bennington meninggal, Linkin Park merilis laman tambahan berisi pencegahan bunuh diri. (chester.linkinpark.com)

Gangguan mental bukanlah penyakit menular. Namun, ada bukti kuat bunuh diri bisa menular. Berita-berita dan publisitas yang melingkupi suatu kejadian bunuh diri telah berkali-kali dan dipastikan berhubungan dengan peningkatan angka bunuh diri, terutama di kalangan orang muda.

Analisis menemukan, setidaknya 5 persen bunuh diri di kalangan remaja dipengaruhi oleh penularan bunuh diri (suicide contagion).

Orang-orang yang membunuh diri mereka sendiri tentu memang rapuh dan rentan. Namun publisitas yang mengiringi bunuh diri ternyata memengaruhi pertimbangan seseorang saat akan mengambil keputusan.

Bukti menunjukkan, "wabah" dan "kluster" bunuh diri adalah fenomena yang nyata. Satu kematian bisa memicu yang lain. Terutama jika yang melakukannya adalah selebritas.

"Penularan bunuh diri adalah nyata, itulah kenapa saya mengkhawatirkannya," ujar Madelyn Gould, profesor Epidemiologi dalam Psikiatri di Columbia University, NY, yang sudah mempelajari penularan bunuh diri ini secara mendalam.

Kurt Cobain

Menurut US Department of Health & Human Services, penularan tindakan bunuh diri atau suicide contagion adalah pemaparan terhadap bunuh diri atau perilaku bunuh diri dalam satu keluar, satu komunitas, atau melalui pemberitaan media yang kemudian membuat peningkatan bunuh diri atau perilaku bunuh diri.

Risiko penularan bunuh diri akibat pemberitaan media bisa diminimalkan dengan pemberitaan yang faktual dan singkat. Pemberitaan tentang bunuh diri jangan dilakukan berulang-ulang, dan pemberitaan yang berkepanjangan bisa meningkatkan kemungkinan penularan bunuh diri.

Mengingat bunuh diri disebabkan oleh berbagai faktor yang kompleks, menurut US HHS, pantang bagi media menyederhanakannya, misalnya hanya mengacu kepada kejadian buruk yang baru dialami, sebagai pemicu bunuh diri.

Berita tentang kasus bunuh diri juga harus dilengkapi dengan informasi bagaimana bunuh diri bisa dicegah. Para ahli juga menyarankan, untuk menghindari pemberitaan yang menjabarkan kematian sebagai pelarian bagi mereka yang bermasalah.

Salah satu contoh yang berhasil adalah pada tahun 1994, kasus kematian Kurt Cobain dari band Nirvana. Vokalis band grunge itu sangat dicintai oleh penggemarnya yang kebanyakan berusia muda, terutama di Seattle, kota di mana kariernya menanjak dan dimana dia ditemukan tewas bunuh diri di usia 27 tahun.

Pemberitaan lokal tentang kejadian ini menempel erat dengan pesat tentang penanganan untuk gangguan mental dan pencegahan bunuh diri. Banyak juga berita dan diskusi terbuka tentang bagaimana kematian Cobain ini meninggalkan luka yang mendalam bagi keluarganya.

Kedua faktor itu mungkin menjelaskan, bagaimana bunuh diri Cobain bisa mematahkan pola. Di bulan-bulan setelah kematian Cobain, telepon ke nomor pencegahan bunuh diri di Seattle meningkat tajam dan angka bunuh diri menurun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menarik, Makeup Juga Bisa Ungkap Kepribadian Anda, Penasaran?

Posted: 24 Jul 2017 10:00 PM PDT

Bagaimana dan berapa banyak Anda menggunakan makeup sepenuhnya adalah hak atau pilihan pribadi masing-masing orang. Ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman meninggalkan rumah tanpa mengenakan lipstik, sebaliknya beberapa orang lainnya tidak akan pergi jika tidak mengenakan perona pipi.

Namun, sadarkah Anda bahwa makeup juga bisa mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian? Dilansir dari tlc.com, Senin (25/7/2017), berikut ini merupakan beberapa penilaian kepribadian Anda berdasarkan makeup.

1. Makeup yang tidak berlebihan membuat Anda tampil lebih kompeten
The New York Times melakukan sebuah penelitian di tahun 2011 dan menemukan beberapa hal menarik, seperti makeup dapat berbicara tentang kemampuan, kepercayaan diri, dan kompetensi Anda. Dalam penelitian tersebut, para peserta melihat berbagai foto dari para wanita yang menggunakan makeup beraneka ragam dan para wanita ini dianggap lebih kompeten dibandingkan wanita yang tidak mengenakan makeup sama sekali.

2. Mengaplikasikan sedikit perona pipi membuat Anda tampil lebih sehat
Jika Anda bingung harus mulai mengenakan makeup dari mana, cobalah dari perona pipi atau blush on. Perona pipi akan membuat Anda terlihat lebih sehat.

Menurut Psychology Today, sebuah percobaan mengungkapkan bahwa wanita yang mengenakan makeup terlihat lebih sehat, percaya diri, dan berpotensi berpenghasilan lebih besar, daripada para wanita yang tidak pernah mengenakan makeup sama sekali. Sudahkah Anda mengenakan makeup hari ini?

3. Makeup mata membuat Anda tampil lebih muda

Psychology Today juga mengungkapkan bahwa makeup mata, seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara dapat meningkatkan daya tarik wajah seorang wanita. Makeup mata dapat membuat mata terlihat lebih besar dan ini merupakan membuat wajah keseluruhan terlihat lebih muda.

Makeup sederhana tampak lebih menarik

Ketika berbicara tentang makeup, banyak wanita mengira bahwa lebih banyak berarti lebih menarik. Namun, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology di tahun 2014, pria dan wanita lebih menyukai makeup yang tampak natural.

Faktanya, makeup hanya menyumbang dua persen dari penilaian daya tarik seseorang kepada Anda. Intinya, makeup adalah tentang bagaimana Anda merasa percaya diri saat mengenakannya.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Almarhum Orang Tua Pasti Senang Saya Kembali ke RI

Posted: 24 Jul 2017 09:45 PM PDT

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku bangga pulang ke Indonesia dan membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan cita-cita meningkatkan kesejahteraan rakyat yang adil dan makmur, mengentaskan kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan. Ia bahkan merasa tak pernah menyesal pulang ke Indonesia. 
 
Hal itu disampaikan Sri Mulyani di depan Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim di acara Indonesia Infrastructure Finance Forum di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (25/7/2017). 

 
Sri Mulyani mengenang perbincangan dengan Kim saat pertemuan terakhir di event G20, Hamburg, Jerman beberapa waktu lalu. Kim kala itu bertanya satu kalimat kepada Sri Mulyani.
 
"Ia (Kim) bertanya kepada saya, apakah menurut Ibu (Sri Mulyani), almarhum orang tua Ibu senang melihat Ibu kembali?," ucapnya menirukan pertanyaan Kim. 
 
Bagi Sri Mulyani, pertanyaan Kim sangat sulit dijawab. Akan tetapi, ia meyakinkan kepada Kim bahwa almarhum orangtuanya pasti bahagia melihat putrinya pulang ke Indonesia dan membangun kembali negaranya. 
 
"Pertanyaan Kim sulit dijawab, tapi saya yakin almarhum orangtua saya sangat bahagia melihat Indonesia. Bersama pemerintah Indonesia mewujudkan komitmen Presiden Jokowi untuk mengurangi kemiskinan, kesenjangan, menyejahterakan rakyat," ujar Sri Mulyani. 
 
Asal tahu saja, Sri Mulyani menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia pada periode 2010-2016. Saat itu, kepemimpinan Bank Dunia dipegang Robert B. Zoellick. Kemudian berganti di bawah Jim Yong Kim. 
 
"Saya mencoba untuk selalu bisa berkomunikasi dan menahan bu Sri Mulyani di Bank Dunia ketika itu. Tapi tekadnya memang untuk kembali bertugas di Indonesia," kata Kim.
 
Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Zidane Tidak Minta Pengganti Morata

Posted: 24 Jul 2017 09:45 PM PDT

Real Madrid sudah melepas Alvaro Morata ke Chelsea. Madrid menjual striker asal Spanyol itu dengan transfer 70 juta pound sterling (Rp 1,4 Triliun).

Meski kehilangan salah satu striker, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane diketahui tidak meminta pengganti. Seperti dilansir AS, Zidane malah yakin dengan kekuatan pasukan mudanya.

"Cari striker baru? Tidak. Saya yakin Anda sudah tahu itu. Saya tak akan meminta apa pun. Saya akan terus bicara dengan presiden. Kami punya 28 pemain di tim ini dan saya bahagia dengan cara tim bekerja," ujar Zidane seperti dikutip AS.

"Tapi setelah itu, kita lihat apa yang bakal terjadi. Sampai 31 Agustus segalanya bisa terjadi. Tapi saya memang belum minta apa-apa."

Real Madrid menjalani pramusim di International Champions Cup (ICC) di Amerika Serikat. Pada laga pertama, Madrid kalah adu penalti lawan MU.



Zidane membenarkan jika laga melawan MU menjadi pemanasan untuk Piala Super Eropa. Dia memang ingin semua pemainnya dalam kondisi terbaik pada Piala Super Eropa nanti.

"Kami memang persiapkan diri untuk laga 8 Agustus itu. Itu target pertama kami, itu laga resmi pertama. Saat itu, kami ingin berada di penampilan terbaik sehingga bisa menangkan trofi," kata Zidane. *

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Duterte: Saya Antar Pengedar Narkoba ke Pintu Neraka

Posted: 24 Jul 2017 09:44 PM PDT

Meski dikecam dunia, Presiden Filipina Rodrigo Duterte berjanji melanjutkan perjuangannya dalam perang melawan narkoba dan militan di negara yang dipimpinnya.

Hal tersebut disampaikan dalam State of the Nation Address kedua dengan tema "kehidupan yang nyaman untuk semua". Menurut kantor komunikasi kepresidenan, ada tiga hal yang menjadi prioritas pemerintahannya, yakni kesejahteraan universal, hukum dan ketertiban, serta kedamaian.

"Di luar sana adalah hutan rimba, ada monster dan burung bangkai yang menggerogoti orang tak berdaya, polos, dan tak menaruh curiga. Saya tidak akan membiarkan kehancuran kaum muda, disintegrasi keluarga, dan kemunduran masyarakat yang disebabkan oleh penjahat yang keserakahannya tidak terpuaskan karena tidak memiliki tujuan moral," ujar Duterte pada 24 Juli 2017 waktu setempat.

"Kamu menyakiti anak-anak yang mana masa depan negara ini ada di tangan mereka dan saya akan membawa Anda ke gerbang neraka," tegas Duterte.

Dikutip dari CNN, Selasa (25/7/2017), dalam masa kampanye, Duterte berjanji untuk menghentikan perdagangan narkoba di Filipina. Menurut Dangerous Drugs Board, terdapat 1,8 juta pengguna narkoba di negara tersebut.

Namun kritikus berpendapat bahwa dalam upayanya, Rodrigo Duterte membenarkan adanya pembunuhan di luar hukum terhadap terduga pengguna dan pengedar narkoba.

"Tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan, perang melawan obat-obatan terlarang akan terus berlanjut, karena itu adalah akar penyebab banyak kejahatan dan begitu banyak penderitaan," kata Duterte.

"Pertarungan tak akan berhenti, meski ada tekanan internasional dan lokal, pertarungan tak akan berhenti sampai mereka yang berurusan dengannya mengerti bahwa mereka harus berhenti, bahwa mereka harus berhenti karena pilihannya adalah penjara atau neraka," imbuh dia.

Pihak berwenang Filipina menuduh media internasional membesar-besarkan masalah tersebut. Duterte mengatakan kepada dunia internasional bahwa masalahnya adalah masalah nasional, dan sebagai Presiden ia berwenang untuk menangani krisis narkoba.

"Bagi para kritikus yang melawan perang (narkoba); usaha Anda akan lebih baik dihabiskan jika Anda menggunakan pengaruh, wewenang moral, dan penguasaan organisasi Anda untuk mendidik orang-orang tentang kejahatan obat-obatan terlarang daripada mengutuk pihak berwenang secara tidak adil, menyalahkan mereka untuk setiap pembunuhan di negeri ini," ujar Duterte.

Selain membahas soal perang terhadap narkoba, Duterte juga membahas soal konflik Marawi.

Pada Mei lalu, Duterte mengumumkan darurat militer saat kelompok Maute melancarkan serangan mereka. Sejak saat itu, pemerintah mengabulkan permintaan Duterte untuk memperpanjang status tersebut sampai akhir tahun.

"Jika Anda melakukan anarki, saya akan memerintahkan tentara dan polisi untuk menembak, bahkan jika saya harus mengubur seribu orang Filipina," ujar Duterte.

Ia menambahkan, "Marawi akan kita selesaikan, sampai teroris terakhir hengkang."

Pria yang akrab disapa Digong itu mengatakan, Angkatan Darat Filipina membutuhkan 35 ribu-40 ribu pasukan baru untuk menghadapi ancaman masa depan.

"Realitas hari ini mengharuskan angkatan bersenjata yang kuat. Saya akan membangun sebuah angkatan bersenjata yang dapat dipercaya dan bisa bertarung di semua lini," ujar Duterte.

Dalam pidato yang berlangsung selama dua jam itu, Rodrigo Duterte juga membahas soal perubahan iklim, korupsi, produksi pangan, hukuman mati, kedaulatan Filipina di Laut China Selatan, aborsi, pertambangan, dan penghindaran pajak.

 

Simak juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Ikuti Vidio Sharing Session Bersama Demian Aditya

Posted: 24 Jul 2017 09:41 PM PDT

Vidio Sharing Session kembali digelar, setelah sebelumnya Vidio.com mendatangi kota Medan, Bandung, dan Yogyakarta, kali ini akan hadir di Surabaya, dengan mengusung tema "Making Awesome Video Contents 101".

"VIDIO merupakan platform video pertama di Indonesia yang asli buatan anak bangsa, kami berharap acara ini akan memberikan insight seputar video making bagi para creators dan motivasi bagi calon creators." papar Silvia Oetomo, Content Partner Manager Vidio.com.

VIDIO Sharing Session merupakan kegiatan workshop dan sharing dengan target untuk memberikan pengetahuan kepada para anak muda dan berbagai pihak yang terkait dengan dunia digital, sehingga mereka bisa mendapatkan ilmu yang mumpuni untuk bersaing di level global.

Melalui kegiatan ini juga tim Vidio.com bermaksud memperkenalkan platform VIDIO, serta menjalin kerjasama dengan media serta komunitas lokal untuk bergabung menjadi salah satu content partner Vidio.com.

Acara eksklusif ini digelar pada:

Hari: Sabtu

Tanggal: 29 Juli 2017

Tempat: TS Suites, Surabaya

Narasumber: Demian Aditya (Illusionist & Vidio.com Content Partner) dan Ruby "Wanderbites" (Food Enthusiast & Photographer).

Pada acara ini Demian akan bercerita mengenai proses pembuatan web series-nya berjudul "Rumah 78" yang dibuatnya dengan hanya menggunakan peralatan sederhana, yaitu handphone.

Akan ada juga penampilan dari Gegy Candra, juara pertama dari ajang pencarian bakat yang digelar oleh Vidio.com, Asiknya Jadi Bintang dan juga media partner Vidio.com.

Hanya dengan membayar registrasi sebesar Rp 35.000,- peserta akan mendapatkan goodie bag dan snack, selain itu, peserta berkesempatan untuk memenangkan doorprize 1 buah DJI Osmo dan 2 buah Action Cam.

Yuk segera daftarkan diri dengan cara klik tautan bit.ly/vidiosharingsby

Jangan lupa segera download aplikasi VIDIO di Google Play Store dan App Store.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website www.vidio.com atau Follow twitter @vidiodotcom, instagram @vidiodotcom serta facebook Vidiodotcom. *

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isyana Sarasvati Tampil di Banyuwangi Batik Festival 2017

Posted: 24 Jul 2017 09:40 PM PDT

Banyuwangi Batik Festival (BBF) kembali digelar Pemkab Banyuwangi untuk mengangkat pamor batik khas daerah ujung timur Pulau Jawa itu. Tahun ini, BBF yang telah memasuki tahun kelima digelar dua hari pada 28-29 Juli 2017 di Taman Blambangan, Banyuwangi.

"Pelaku batik lokal akan berkolaborasi dengan desainer internasional dan nasional menampilkan beragam busana batik yang menarik," tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (24/7/2017).

Anas mengatakan, BBF bukan cuma ajang hiburan, melainkan bentuk penguatan ekosistem bisnis bagi pembatik lokal. Setelah lima tahun digelar, kini pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) batik Banyuwangi mulai eksis. Kualitas batik yang dihasilkan pun terus meningkat. Saatnya bagi mereka untuk melebarkan sayap bisnisnya ke kancah yang lebih luas.

"Tujuan ini yang sejak awal terus kami kejar tiap tahunnya. Konsistensi penyelenggaraan juga menunjukkan Banyuwangi serius mengembangkan batik sebagai produk budaya sekaligus produk ekonomi yang bisa mengangkat kesejahteraan perajinnya," kata Anas.

Ada sepuluh desainer nasional yang "turun gunung" mendorong kreasi pembatik Banyuwangi, di antaranya Philip Iswardono, Priscilla saputro, Aldre, Andy Sugix, hingga Yunita Kosasih. Ada pula desainer internasional, Milo Miliavica asal Italia.

Para desainer tersebut mendesain busana menggunakan batik hasil produksi para UMKM Banyuwangi. "Beraninya desainer papan atas menggunakan kain batik kreasi UMKM lokal menunjukkan adanya peningkatan kualitas. Terciptanya interaksi itu akan membuka peluang bagi pembatik lokal ke pasar nasional, bahkan global," ucap bupati berusia 43 tahun ini.

BBF 2017 ini juga menampilkan Putri Indonesia 2017 Bunga Jelita Ibrani sebagai ikon. Ada pula penampilan spesial penyanyi Isyana Sarasvati yang akan bernyanyi mengiringi model di catwalk.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi Ketut Kencana menambahkan, pembatik yang terlibat ada 15 UMKM dari 50 UMKM batik di Banyuwangi setelah melalui proses kurasi terhadap desain motif dan kesiapan produksi untuk menerima order berkelanjutan.

 

 

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa 4 Tersangka Suap Auditor BPK

Posted: 24 Jul 2017 09:38 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap empat tersangka suap pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

"Keempatnya akan diperiksa sebagai tersangka suap pemberian opini WTP dari BPK terhadap Kemendes PDTT," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Pada kasus ini, KPK telah menetapkan empat tersangka, Irjen Kemendes PDTT Sugito, Eselon III Kemendes PDTT Jarot Budi Prabowo, dan dua Auditor BPK Rochmadi Sapto Giri dan Ali Sadli.

Sugito diduga menyuap Rochmadi Sapto dan Ali Sadli sebesar Rp 240 juta, lewat Jarot Budi Prabowo agar Kemendes PDTT mendapat opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

Sebelumnya, KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat 26 Mei 2017. Operasi tersebut dilakukan di dua tempat, yakni di gedung BPK dan kantor Kemendes PDTT.

Dari OTT, KPK mengamankan tujuh orang. Mereka adalah Irjen Kemendes SUG, ALS (auditor BPK), RS (eselon I BPK), JBP (eselon III Kemendes), sekretaris RS, sopir JBP, dan satu satpam.

Penyidik KPK juga menemukan uang Rp 40 juta di ruangan Ali Sadli. Uang itu diduga kuat terkait suap pada kasus yang berkaitan dengan pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan lembaga tersebut. Uang Rp 40 juta yang diduga merupakan bagian total komitmen Rp 240 juta karena sebelumnya di awal Mei sudah diserahkan Rp 200 juta.

Selain itu, KPK pun menemukan Rp 1,145 miliar dan US$ 3.000 di brankas Rochmadi. Namun, uang itu belum diketahui apakah terkait dengan tindak pidana korupsi atau tidak.

Atas OTT tersebut, KPK menetapkan empat tersangka. Sebagai pemberi suap adalah Irjen Kemendes PDTT Sugito dan pejabat eselon III Kemendes Jarot Budi Prabowo yang disangkakan Pasal 5 ayat 1 huruf atau huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 KUHP jo Pasal 55 ayat-1 ke-1 KUHP.

Sedangkan sebagai pihak penerima suap adalah auditor utama keuangan negara III BPK Rochmadi Saptogiri yang merupakan pejabat eselon I dan auditor BPK Ali Sadli. Keduanya disangkakan Pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 atau 5 ayat 2 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat 1 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Saksikan video berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buwas: Malaysia Tidak Peduli dengan Pemberantasan Narkoba

Posted: 24 Jul 2017 09:36 PM PDT

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso menyampaikan, banyak tangkapan pengedar dan penyalahgunaan narkoba berasal dari jaringan Malaysia. Negeri jiran itu dinilainya tidak terlalu peduli dengan kerja sama pemberantasan narkoba antarnegara.

"Kenapa dari Malaysia terus (jaringan narkotika) padahal punya hubungan negara? Tapi Malaysia juga tidak seperti yang kita inginkan," tutur Budi Waseso saat rilis tangkapan bandar 10 kilogram sabu jaringan Malaysia di Kantor BNN, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (25/7/2017).

Menurut pria yang akrab disapa Buwas itu, Malaysia berdalih bentuk kerja sama yang diperlukan dengan Indonesia banyak terbentur oleh peraturan undang-undang di negaranya. Padahal, sinergi kedua negara sangat diperlukan agar pemberantasan narkoba di Indonesia bisa maksimal.

"Mereka selalu berkelit dengan aturannya. Boleh mereka protes, tapi faktanya negara itu tidak care. Kalau ASEAN itu kan saling bekerja sama antarnegara untuk melawan. Tapi itu (Malaysia) tidak. Kita yang menampung sendiri. Malah jadi pangsa pasarnya. Kena sampahnya (narkoba Malaysia) saja," jelas dia.

Untuk itu, Buwas meminta masyarakat dapat lebih peduli membantu pemerintah dalam pemberantasan narkoba. Indonesia harus bisa semakin mandiri agar menutupi kekurangan yang ada dalam kerja sama antarnegara.

"Saya ingin mengimbau kepada masyarakat Indonesia bahwa ini kita menghadapi permasalahan narkotika harus serius menangani bersama-bersama. Kalau tidak, ini manusia (bandar narkoba) akan terus bekerja mengubah modus operandi," Buwas menandaskan.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Perppu Ormas, Alumni 212 akan Gelar Aksi di Istana

Posted: 24 Jul 2017 09:33 PM PDT

Alumni 212 akan menggelar unjuk rasa pada Jumat 28 Juli 2017. Kegiatan ini dilakukan untuk menuntut pencabutan Perppu Ormas yang telah diterbitkan pemerintah.

"Benar (aksi tersebut)," ujar Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (25/7/2017).

Dalam selebaran yang beredar, tercantum agenda aksi yang disebut 287. Peserta akan memulai aksi dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal. Usai salat digelar, mereka akan berjalan menuju Istana.

Ada tuntutan yang bakal disampaikan, yaitu menghentikan pembungkaman ormas serta cabut Perppu  Ormas.

Namun begitu, dia enggan mengungkapkan jumlah peserta yang ikut dalam aksi tersebut. "Nanti Rabu kita konpers di Masjid Al Ittihad, Tebet," ujar Slamet.

Dia mengungkapkan, sejumlah persiapan telah dilakukan. Di antaranya dengan melayangkan surat pemberitahuan rencana aksi kepada pihak kepolisian.

"Sudah disampaikan, bahkan ke Mabes Polri," ujar Slamet.

Siapkan 500 Pengacara

Sementara itu, Juru Bicara GNPF MUI Kapitra Ampera mengungkapkan, ada ratusan advokat yang siap membantu ormas untuk mengajukan uji materi Perppu Ormas ke Mahkamah Konstitusi (MK). Cara tersebut dinilai sebagai langkah yang legal dan elegan dalam mengoreksi kebijakan pemerintah.

"Sudah ada beberapa ormas, dan sudah disiapkan (pengacara). Kita Insya Allah secara simbolik akan menyerahkan berkas judicial review (Perppu Ormas) ke MK," ujar Kapitra.

Dia meminta agar masyarakat dan ormas dapat memberi dukungan kepada Mahkamah Konstitusi. Para hakim konstitusi diharap dapat bersikap independen, adil, dan tidak terpengaruh kekuasaan apapun dalam memutuskan perkara tersebut.

"Yang merasa hak dasarnya terancam oleh produk pemerintah, harus mengajukan konstitusional review di MK. Di sana lah harusnya dilakukan," ujar Kapitra.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangkan Neymar, PSG Dianggap Melakukan Blunder

Posted: 24 Jul 2017 09:30 PM PDT

Rencana PSG untuk mendatangkan Neymar mendapat komentar dari Jean-Michel Aulas. Presiden Lyon itu menilai PSG lebih baik mendatangkan pemain lain.

PSG dikabarkan tinggal selangkah lagi mendatangkan Neymar dari Barcelona. Mereka telah setuju dengan klausa pelepasannya senilai 222 juta euro atau sekitar Rp 3,4 triliun.

Gaji Neymar pun tak main-main. PSG akan memberinya 30 juta euro hingga lima musim ke depan.

"Saya pikir transfer itu sama sekali tidak menguntungkan secara ekonomi. Total PSG menghabiskan 500 juta euro jika benar-benar membeli Neymar," kata Aulas seperti dilansir Soccerway.

"Padahal Ligue 1 tak seperti Liga Inggris yang pendapatan dari TV sangat besar. Mendatangkan Neymar terlalu berisiko," ujarnya menambahkan.

Musim ini PSG baru mendatangkan dua pemain baru. Yakni Yuri Berchiche dari Real Sociedad dan Dani Alves dari Juventus. *

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegadaian Raup Laba Rp 1,16 Triliun pada Semester I

Posted: 24 Jul 2017 09:30 PM PDT

PT Pegadaian (Persero) mencatatkan kinerja positif hingga semester 1 2017. Laba Pegadaian sebesar Rp 1,16 triliun.

Pencapaian laba itu naik Rp 800 miliar atau setara 6,8 persen jika dibandingkan pada periode yang sama 2016, yakni Rp 1,08 triliun.

Laba tersebut ditopang dari pendapatan perusahaan yang meningkat menjadi Rp 5,09 triliun hingga Juni 2017, setelah periode yang sama tahun lalu hanya Rp 4,7 triliun.

"Perolehan laba tersebut diperoleh dari produk Jasa Gadai sebagai produk utama dengan komposisi lebih dari 95 persen," kata Humas PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Sementara itu, dari sisi omzet, semester 1 2017 mencatatkan Rp 60,87 triliun atau meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2016 sebesar Rp 59,43 triliun.

Selama ini, Pegadaian menjalankan tiga lini bisnis, yakni bisnis pembiayaan, bisnis emas, dan aneka jasa. Bisnis pembiayaan terbagi dalam produk jasa gadai, pembiayaan UMKM (Fidusia), pembiayaan porsi haji, dan pembelian kendaraan bermotor.

Bisnis emas terbagi dalam produk pembelian emas tunai, angsuran, tabungan emas, dan konsinyasi emas. Adapun bisnis aneka jasa meliputi jasa pengiriman uang, jasa taksiran, sertifikasi batu permata, jasa multi pembayaran, serta penyewaan gedung, ruko, dan pasar bersih.

Saat ini Pegadaian telah membangun fasilitas pelayanan non-tunai dengan menjalin sinergi dengan perbankan. Pegadaian juga terus mengembangkan aplikasi "Pegadaian Mobile" dan 'Sahabat Pegadaian' untuk memperluas akses informasi dan pelayanan.

Agar pelayanan semakin luas menjangkau masyarakat pedesaan, Pegadaian juga telah meluncurkan program "Pegadaian Sahabat Desa" dengan fasilitas mobil keliling.

"Dalam menjalankan bisnis kami terus melakukan inovasi, ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang terus berubah," tutur Basuki. (Yas)

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Blizzard Tak Lagi Dukung Gim Windows XP dan Vista

Posted: 24 Jul 2017 09:30 PM PDT

Kabar buruk bagi kamu gamer PC penggemar gim besutan pengembang Blizzard. Pengembang gim fenomenal Overwatch tersebut, memutuskan tak lagi mendukung gim besutannya untuk sistem operasi Windows XP dan Vista.

Adapun sejumlah judul gim anyar Blizzard seperti World of Warcraft, StarCraft II, Heros of the Storm, Hearthstone, dan Diablo III, tak lagi bisa dimainkan pada kedua sistem operasi lawas besutan Microsouft ini.

Keputusan tersebut, diumumkan oleh Community Manager Blizzard Nate Valenta via sebuah forum di situs resmi Blizzard. Ia tidak mengungkap, pengembang gim yang berbasis di California, Amerika Serikat itu akan menghentikan semua dukungan untuk Windows XP dan Vista per Oktober 2017 mendatang.

"Kita semua tahu, kedua sistem operasi ini sudah dihentikan oleh Microsoft. XP pada 2009, Vista pada 2002. Nah, waktu itu jumlah pemain kami masih banyak, jadi kami bersikeras untuk terus melanjutkan dukungan," kata Valenta.

"Walau begitu, sistem operasi Windows terus berevolusi. Windows 10 saja sudah ada tiga versi, sebagian besar (pengguna) juga sudah memperbarui ke salah satu dari versi barunya," tuturnya melanjutkan.

Maka itu, Nate menyarankan kepada pemain yang masih menggunakan Windows XP dan Vista, untuk segera memperbarui sistem operasi mereka ke yang terbaru, jika ingin tetap bermain gim besutan Blizzard.

"Setelah kami menghentikan dukungan, otomatis gim yang 'dipaksa' di sistem operasi itu tak akan lagi berjalan. Jadi, alangkah baiknya para pemain meng-upgrade sistem operasinya ke versi yang lebih baru," ujarnya.

Blizzard pun akan menerbitkan langkah untuk memperbarui sistem operasi serta spesifikasi yang kompatibel dengan gim-gim besutannya. Mereka mengungkap, tata cara ini akan diterbitkan dalam waktu dekat. Demikian dikutip Slashgear pada Selasa (25/7/2017).

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Pembakar Hutan Biarkan Istri Dikepung Aktivis Lingkungan

Posted: 24 Jul 2017 09:30 PM PDT

Pasangan suami istri (pasutri), Tamin (46) dan Sadiyah (43), warga Desa Sumberwaringin, Kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur, digerebek oleh aktivis lingkungan lantaran telah sengaja membakar kawasan hutan lindung di Petak 19 Gunung Lemongan, Desa Papringan, Kecamatan Klakah, Lumajang.

Saat digerebek puluhan aktivis peduli lingkungan Laskar Hijau, Tamin berhasil melarikan diri. Sementara, istrinya Sadiyah diamankan ke Mako Polsek setempat.

Anggota polisi yang juga merangkap sebagai anggota Laskar Hijau, Dimas menuturkan, penangkapan para pembakar hutan itu bermula saat pihaknya sedang bersantai di posko konservasi Laskar Hijau di kawasan Gunung Lemongan.

"Tanpa sengaja, kami mencium bau hangus dan langsung bergegas mencari sumber kebakaran itu," tuturnya, Senin, 24 Juli 2017.

Dia mengatakan, setelah sampai di lokasi kebakaran, ditemukan sepasang suami istri yang sedang membakar hutan yang sudah ditebang untuk membuka lahan baru di kawasan hutan lindung.

"Jadi, ada dua pelaku suami dan istri, dan dua-duanya sudah tahu kalau lingkungan itu termasuk lahan konservasi yang dilindungi," ucapnya.

Asper KBKPH Sub KPH Lmajang, Sonny Santuso menambahkan, pihaknya langsung mendatangi kantor polisi setempat untuk melaporkan perusakan hutan di wilayahnya.

"Ini sebagai pembelajaran pada masyarakat, mana kawasan hutan lindung dan bukan, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh," katanya.

"Kami juga sudah membuat laporan ke polsek supaya proses hukum tetap berlanjut," ucapnya.

Sementara itu, tersangka Sadiyah mengaku nekat merusak hutan karena mengaku sudah membeli ke tetangganya yang bernama Paito. "Saya beli ke Pak Paito harganya Rp 7 juta, tapi masih belum saya bayar, saya hutang," ujarnya.

Kasus perusakan hutan lindung itu kini ditangani oleh Kepolisian Sektor Klakah. Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa sebilah sabit, cangkul dan peralatan lain yang digunakan untuk merusak hutan.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tips agar Koleksi Buku dan Majalah Tidak Bikin Rumah Berantakan

Posted: 24 Jul 2017 09:30 PM PDT

Jika Anda senang mengoleksi buku atau berlangganan majalah maupun koran secara berkala, maka tumpukan kertas tersebut lambat laun akan memenuhi rumah Anda. Jika sudah bertumpuk-tumpuk sebagian orang memilih untuk membuangnya, namun ada pula yang tetap menyimpannya di lemari atau laci bufet.

(Baca juga: Cara Menyimpan Buku Menunjukkan Kepribadian!)

Sayangnya tumpukan majalah dan buku tersebut kadang malah bikin rumah terlihat jadi sempit dan berantakan. Padahal resolusi rumah rapi dan minimalis masih menjadi impian Anda untuk diwujudkan.

Nah, daripada menumpuk bahan bacaan yang tidak semuanya diperlukan, kini saatnya berani menyortir mana yang memang masih dibutuhkan dan mana yang harus disingkirkan. Simak beberapa tips dari Rumah.com untuk mengurangi koleksi cetak Anda berikut ini.

1. Buat Jadwal Pengingat.

Butuh banyak waktu untuk menyortir bahan bacaan. Alasannya, tentu karena Anda harus membaca judul maupun rangkumannya satu per satu. Jadi, sangat penting memisahkan waktu beres-beres perabot rumah dengan menyortir koleksi buku dan majalah.

Agar tugas ini menjadi ringan, Anda boleh melakukannya sedikit demi sedikit. Sisihkan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam dalam beberapa hari. Tentukan rak yang akan digunakan untuk menyimpan buku dan majalah. Kemudian sesuaikan jumlah seleksi buku dengan kapasitas rak. Dengan begitu rumah Anda bisa nampak tertata rapi.

2. Siapkan Area Lapang.

Untuk mempermudah proses pemilihan, pastikan Anda menyiapkan lantai yang cukup luas untuk meletakkan koleksi buku. Buat kategori yang sesuai dengan keinginan Anda: misalnya kelompok buku yang akan disimpan, dijual, didonasi, dikembalikan ke pemiliknya, atau didaur ulang.

Biasanya dalam proses pemilihan Anda akan tergoda untuk membaca beberapa buku menarik yang mungkin belum dibaca atau menarik untuk dilihat kembali. Namun usahakan tetap fokus karena hal tersebut bisa memperlambat proses.

3. Pilih Satu Kategori dalam Satu Waktu

Ketika ingin mulai menyortir buku, sebaiknya pilih satu kategori tertentu. Misalnya, kelompok buku pelajaran dan fiksi. Ambil semua buku dari tempatnya dan letakkan di atas lantai untuk mulai dipilih. Buat keputusan status untuk setiap buku sebelum beralih ke kategori lainnya.

(Simak juga: Pilihan rumah bergaya minimalis dengan rentang harga Rp300 – Rp500 juta)

Usahakan mengambil keputusan yang cepat, namun sediakan kategori khusus untuk buku yang tidak ada ketahui statusnya. Misalnya:

  • Bacaan Menyenangkan: Fiksi, Nonfiksi, Memoar

Cerita yang menggugah emosi bisa memberi gambaran karakter yang menginspirasi. Meski demikian buku semacam ini bisa Anda relakan untuk didonasi. Pasalnya, membaca berulang kali sebuah kisah yang sudah melekat dalam ingatan bisa membuat bosan.

Sedangkan, untuk buku yang belum pernah dibaca, namun sudah bertahun-tahun menempati rak buku Anda, maka kemungkinan besar tidak akan pernah dibaca. Sebaiknya, cukup menyimpan beberapa buku yang benar-benar Anda sukai. Sisanya, donasikan ke perpustakaan terdekat atau bila perlu dijual via internet.

  • Buku Pelajaran atau Ilmu Pengetahuan

Koleksi buku yang Anda miliki ketika ada di bangku sekolah atau perguruan tinggi bisa menyimpan banyak kenangan berharga. Beberapa orang beralasan menyimpan buku pelajaran untuk referensi melanjutkan pendidikan suatu saat nanti.

Sayangnya, buku tersebut hanya disimpan di kotak kardus dan disembunyikan di sudut garasi bertahun-tahun. Jika Anda ingin memaksimalkan setiap ruang dalam rumah, maka sudah saatnya merelakan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

  • Majalah dan Buku Tutorial

Meski sudah tergeser dengan media digital, majalah fisik masih memiliki pesona yang memikat bagi pembacanya. Jika Anda berlangganan rutin, beberapa edisi yang lalu bisa menjadi tumpukan kertas yang tidak terpakai dan membuat ruang tamu menjadi berantakan.

Apabila Anda tak ingin membuang percuma, maka saatnya membuat kliping berisi artikel dan gambar yang ingin Anda simpan. Kemudian potongan kertas tersebut bisa disimpan secara digital setelah dipindai dengan mesin scanner. Cara yang sama juga bisa Anda lakukan untuk kumpulan buku resep masakan dan buku tutorial lainnya.

 

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Website Ini Orangtua Bisa Pilih Resep Makanan Sehat untuk Anak

Posted: 24 Jul 2017 09:30 PM PDT

Semua orangtua wajib memperhatikan dan menjaga pola makan anak sejak dini. Sebab, bila tidak, masalah seperti obesitas dan kurang berat badan mudah mengintai anak.

Nimali Fernando MD, MPH, dari Yum Pediatrics, mengatakan, 30 persen anak di Amerika mengalami obesitas yang penyebabnya berasal dari pola makan tak sehat. Namun, ia turut menemukan anak yang tidak mengalami obesitas juga memiliki masalah pada kebiasaan makan.

Masalah ini menggerakkan Fernando bersama kolega untuk mencetuskan sebuah situs panduan makan anak yang dilengkapi dengan beragam resep.

The Doctor Yum Project, merupakan situs panduan makanan yang bertujuan untuk mengubah budaya kebiasaan makan anak. Disana tertera resep makanan sehat yang bisa ditiru oleh orangtua. Bahkan Dr Yum Project, juga membuka kelas masak untuk menunjukkan kepada orangtua cara memasak dan resep yang sehat.

"Orangtua bisa menggunakan tabel yang memudahkan perencanaan menu, mereka bisa menggunakan resep yang terjangkau supaya tetap bisa makan sehat secara murah," kata Fernando dikutip dari VOA, Selasa (25/7/2017).

Fernando berharap kegiatan yang ia cetuskan ini bisa menginspirasi banyak dokter di dunia serta orangtua, untuk membiasakan pola makan anak yang sehat.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Linkin Park Tulis Surat Sedih untuk Chester Bennington

Posted: 24 Jul 2017 09:30 PM PDT

Linkin Park telah kehilangan vokalis ikonis mereka, Chester Bennington, yang tewas gantung diri pada 20 Juli 2017. Duka mendalam masih dirasakan oleh para personelnya hingga hari ini. Sebuah surat terbuka pun telah dituliskan.

Surat tersebut diunggah melalui media sosial mereka, seperti Facebook dan Instagram. Di Facebook, mereka menuliskannya sebagai sebuah status. Sementara di Instagram, mereka memasukkan surat tersebut ke dalam unggahan gambar.

Chester Bennington, vokalis Linkin Park. (businessinsider.com)

Surat tersebut sangat emosional lantaran para personel Linkin Park yang tersisa mengenang kebersamaan mereka dengan Chester Bennington. Mereka bahkan menyampaikan kondisi istri dan keluarga Chester setelah ditinggal sang vokalis itu.

Para personel juga menyampaikan sikap Chester yang sangat simpatik saat masih berada di antara mereka. Bahkan, mereka turut membahas betapa pentingnya lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Chester.

Semasa kecil, Chester Bennington mengalami perundungan. Ayah dari 6 anak itu juga menjadi korban kekerasan seksual dari seorang teman laki-laki yang lebih tua darinya. (KEVIN WINTER / GETTY IMAGES / AFP)

Sebelumnya, kita hanya mendengar pernyataan dari Mike Shinoda dan sang pemain bas, Dave Farrell. Kini, seluruh personel terwakili oleh surat terbuka yang mengatasnamakan Linkin Park ini.

Berikut isi surat terbuka dari para personel Linkin Park kepada Chester Bennington yang diunggah pada Senin (24/7/2017) lalu di halaman berikut ini.

Simak juga video di bawah ini:

Para personel Linkin Park yang tersisa mengenang kebersamaan mereka dengan Chester Bennington.

Kepada Chester,

Hati kami hancur. Gelombang dahsyat kesedihan dan penolakan masih menyapu keluarga kita saat kami menyadari betul apa yang telah terjadi.

Kau menyentuh begitu banyak nyawa, bahkan mungkin lebih dari yang kau sadari. Dalam beberapa hari terakhir, kami telah melihat curahan cinta dan dukungan, baik publik maupun pribadi, dari seluruh dunia.

Talinda dan keluarga menghargainya, dan ingin dunia tahu bahwa kau adalah suami, putra, dan ayah terbaik; Keluarga tidak akan pernah utuh tanpamu.

Berbicara denganmu selama bertahun-tahun maju bersama, kegembiraanmu sangat menular. Ketiadaanmu meninggalkan kekosongan yang tidak akan pernah bisa terisi - keriuhan, kelucuan, ambisius, kreatif, baik hati, suara murah hati di ruangan itu hilang.

Kami mencoba untuk mengingatkan diri kami sendiri bahwa iblis-iblis yang membawamu menjauh dari kami selalu menjadi bagian dari kesepakatan. Lagi pula, begitulah caramu bernyanyi tentang iblis-iblis yang membuat semua orang jatuh cinta kepadamu sejak awal.

Kau tanpa takut menempatkan mereka di depan layar, dan dengan berbuat demikian, membawa kita bersama dan mengajarkan kita untuk menjadi lebih manusiawi. Kau memiliki hati yang sangat besar, dan berhasil mengenakannya di lengan bajumu.

Cinta kami untuk membuat dan menampilkan musik yang tak terpadamkan. Meskipun kami tidak tahu jalan apa yang akan ditempuh masa depan kami, kami tahu bahwa setiap kehidupan kami dipermudah olehmu. Terima kasih untuk hadiah itu. Kami mencintaimu, dan sangat merindukanmu.

Sampai kami melihatmu lagi,
LP

Surat terbuka Linkin Park Tulis kepada Chester Bennington. (Instagram - @linkinpark)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di Asia Tenggara, Sutradara Baby Driver Disambut Hangat

Posted: 24 Jul 2017 09:20 PM PDT

Film Baby Driver telah ditayangkan di beberapa negara di Asia Tenggara. Di Indonesia, film arahan sutradara Edgar Wright ini rencananya bakal muncul di bioskop pada September 2017 mendatang.

Antusiasme sudah terlihat dari beberapa negara, termasuk Singapura dan Malaysia yang sudah terlebih dahulu memutar film bergenre action musical besutan Sony Pictures ini, tepatnya pada 20 Juli 2017 lalu.

Para pemain dan sutradara Baby Driver dalam sesi meet and greet bersama penggemarnya di Malaysia. (Sony Pictures)

Kepada Liputan6.com, sutradara Egar Wright yang sebelumnya dikenal berkat film-film unik seperti Shaun of the Dead dan Scott Pilgrim vs. the World, mengaku gembira terhadap pemutaran film terbaru arahannya ini di Asia Tenggara.

"Saya antusias film ini ditayangkan di Asia Tenggara karena film ini lebih dulu diputar di bioskop Amerika Serikat dan Australia. Sejauh ini, sambutan penonton di Asia begitu hangat," ujarnya di sela-sela red carpet dan jumpa pers Baby Driver yang digelar di Malaysia pada 17 Juli 2017 lalu.

Para pemain dan sutradara Baby Driver dalam sesi meet and greet bersama penggemarnya di Malaysia. (Sony Pictures)

"Sangat menyenangkan bekerja sama dengan Ansel Elgort dan Lily James untuk film ini. Kami begitu menikmatinya (saat syuting) dan semoga penonton juga," Edgar Wright melanjutkan.

Dalam rangka mempromosikan film itu, Edgar Wright bersama dua bintang utama Baby Driver, yakni Ansel Elgort dan Lily James, tak hanya muncul di red carpet dan jumpa fans. Mereka juga hadir dalam penayangan perdana (premiere) Baby Driver di Malaysia pada waktu yang sama.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Tak Semua Pasukan Oranye Malas-malasan

Posted: 24 Jul 2017 09:16 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku tidak mempermasalahkan adanya kritik yang menyebut kinerja petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) menurun. Dia mengaku tidak menutup kemungkinan pihaknya akan mengevaluasi kinerja pasukan oranye tersebut.

"Enggak apa-apa (evaluasi), kita perhatikan," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Menurut Djarot, evaluasi menjadi pendorong semangat pasukan oranye agar semakin rajin bekerja.  

"Dan PPSU dievaluasi terus oleh kelurahan, kecamatan. Kelurahan atau kecamatan bisa berikan hasil evaluasinya apabila tidak  bersungguh-sungguh dia bisa diganti," kata mantan Wali Kota Blitar itu.

Meski ada laporan adanya PPSU yang bermalas-malasan, Djarot menilai kinerja PPSU masih bagus dan sangat membantu.

"Saya melihat mereka masih oke kok, mungkin ada di beberapa titik (kotor). Sehingga apa yang disampaikan oleh Pak Ketua DPRD tentunya enggak bisa digeneralisir ya bahwa semua PPSU tidak baik. Yang penting adalah keberadaan PPSU dan pasukan lain sangat membantu," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, kinerja petugas PPSU saat ini menurun.

Hal itu diketahuinya saat berkeliling di beberapa wilayah Jakarta dan tak menemukan petugas PPSU bekerja, sehingga lingkungan menjadi kotor. 

"Sekarang kok PPSU agak males-malesan," ucap politikus PDI Perjuangan itu. 

Prasetio menilai perlu adanya evaluasi kinerja PPSU oleh pemerintah.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Bank Dunia: RI Beruntung Punya Menkeu Sri Mulyani

Posted: 24 Jul 2017 09:15 PM PDT

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menyanjung Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia paling terhormat sepanjang sejarah Bank Dunia. Bahkan, Indonesia beruntung, karena Sri Mulyani dianggap mampu mengubah wajah Bank Dunia lebih baik dari sebelumnya dalam segala hal. 
 
Sanjungan Kim kepada Sri Mulyani ini diungkapkan saat memberi sambutan pada acara Indonesia Infrastructure Finance Forum di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/7/2017). 
 

 
"Bu Ani merupakan salah satu Direktur Pelaksana paling terhormat dalam sejarah Bank Dunia," kata Kim. 
 
Untuk diketahui, Sri Mulyani menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia pada periode 2010-2016. "Beliau pelaksana ketika saya jadi Presiden Bank Dunia pada Juli 2012," ujar Kim. 
 
Kim menilai, kinerja Sri Mulyani selama menduduki kursi Direktur Pelaksana Bank Dunia sangat efektif dan jelas dalam berkomunikasi, menjalankan tanggung jawab di sektor publik, dan mengatur atau mengelola atas miliaran dolar dana yang digelontorkan Bank Dunia setiap tahun.
 
"Bu Ani sangat efektif dan jelas dalam berkomunikasi, bertanggung jawab di sektor publik, dan bertanggung jawab untuk dana US$ 40 miliar dari Bank Dunia setiap tahun. Beliau adalah pejabat yang memulai reformasi di Bank Dunia, dan mengubah wajah Bank Dunia menjadi lebih baik," Kim menegaskan.
 
Sebab itulah, dia menilai Indonesia beruntung memiliki Menkeu seperti Sri Mulyani. "Beliau sudah melihat praktik yang baik dan kurang baik di bank dunia. Juga sudah punya pengalaman luas," pungkas Kim.  
 
Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Pramusim, Lionel Messi Seperti Kereta Api

Posted: 24 Jul 2017 09:15 PM PDT

Kabar baik bagi fans Barcelona soal Lionel Messi. Sumber di Barcelona mengungkapkan, kondisi Messi di pramusim sangat luar biasa.

Messi seperti menemukan kekuatan kembali untuk memulai musim baru. Setelah libur cukup panjang, energi Messi kembali terkumpul untuk Barcelona.

"Dia bahagia, dia sudah perpanjang kontrak di Barcelona dan dia musim di pramusim seperti kereta api," ujar seorang narasumber di ruang ganti Barcelona seperti dikutip sport.

Klaim itu terbukti saat Barcelona menghadapi Juventus pada laga pertama International Champions Cup (ICC). Data GPS menunjukkan kondisi Lionel Messi sangat luar biasa.

Semua pemain Barcelona memang memakai GPS tracker, sebuah alat yang akan memonitor kondisi fisik dan metabolisme pemain. Sport menulis, kondisi fisik Messi tak pernah seperti saat melawan Juventus.

Meski angka pasti dirahasikan, sumber di Barcelona menyebutkan," Messi dalam kondisi pramusim yang terbaik." Itu jika dilihat dari jumlah kilometer lari, akselerasi, kecepatan puncak, kecepatan dalam jarak 20 meter dan kapasitas aerobik.



Pemain Barcelona, Lionel Messi, mendapatkan perawatan saat latihan di Red Bull Arena, New Jersey, Jumat (21/7/2017). Latihan ini dilakukan jelang laga ICC 2017 melawan Juventus. (AFP/Jewel Samad)

Bagusnya kondisi fisik Messi bisa dimaklumi. Itu karena dia benar-benar libur selama Juni tahun ini. Biasanya, dia harus menjalani tugas main di Piala Dunia atau Copa America di bulan Juni.

Itulah mengapa kondisi fisik Messi kerap kurang optimal karena kurangnya istirahat. Maka itu, Barcelona menyambut baik bagusnya kondisi fisik Messi di pramusim. *

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Buat Model Retro demi Jegal Royal Enfield

Posted: 24 Jul 2017 09:11 PM PDT

Honda Motor Co nampaknya terganggu dengan pertumbuhan Royal Enfield, terutama di India, meski mereka "hanya" bermain di segmen yang ceruknya sangat kecil. Royal Enfield, sebagaimana kita tahu, terkenal dengan line up motor-motor retro.

Seorang sumber anonim mengatakan bahwa untuk mengantisipasi pertumbuhan di pasar Royal Enfield, Honda akan memperkenalkan motor retro, sesuatu yang tidak mereka miliki untuk saat ini.

"Bahkan secara global Honda tidak memiliki jawaban langsung atas rangkaian produk dan kategori yang ditawarkan Royal Enfield. Tapi kami perlu mencari solusinya dan kami sedang mengerjakannya," terang sumber tersebut, dikutip dari Money Control, Selasa (25/7/2017).

Honda sebetulnya punya Rebel, motor yang punya gaya klasik yang kuat. Namun sumber anonim itu mengatakan bahwa motor yang sedang dikembangkan punya jenis yang beda dari Rebel.

Dikatakan, kemungkinan motor yang akan dibangun itu punya karakter scrambler yang kuat. Dalam hal ini, merek Ducati jadi inspirasi. "Yang kami cari adalah sesuatu yang ada di barisan Ducati Scrambler, sesuatu yang membawa DNA serupa," sambungnya.

Produk ini, ujar sumber anonim, rencananya akan diperkenalkan ke publik pada 2020 nanti.

Wacana menjegal pertumbuhan Royal Enfield sebetulnya telah muncul pada Maret lalu. Ketika itu, dikatakan bahwa Honda mendirikan tim khusus untuk mengembangkan sepeda motor berkubikasi mesin antara 250-750 cc. Tim ini terdiri dari para insinyur dari Jepang dan Thailand.

Namun, saat itu tidak dikatakan kapan Honda menargetkan produk barunya akan rilis di pasaran. Mungkin keduanya saling berkaitan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, 7 Kesalahpahaman Besar Kita Soal Alien

Posted: 24 Jul 2017 09:10 PM PDT

Alien yang sering kita lihat di film-film Hollywood memang berwujud bak monster yang tidak lazim dan sama sekali tidak berbentuk manusia. Seth Shostak, seorang senior Astronom di SETI Institute, Calif mengatakan Alien tipikal Hollywood itu lembut, licin dan memiliki banyak lendir. Makhluk ini menculik manusia, menyelidiki kehidupan manusia, melayang di atas kepala manusia dan bahkan berjalan di antara kita (tentunya dengan penyamaran).

Namun, di luar kacamata Hollywood, Alien mungkin benar-benar nyata. Seperti kata NASA, 20 hingga 30 tahun ke depan, umat manusia bisa bertemu dengan Alien. Jadi, apa yang mereka suka? Apa yang mereka lakukan? Bagaimana cara mereka saat bertemu dengan manusia?

Para Astrobiologist telah menyimpulkan beberapa pertanyaan dengan menggabungkan pengetahuan mereka tentang kehidupan di Bumi, juga dengan pemahaman mereka tentang kosmos secara keseluruhan. Berikut profil mereka tentang ET, mungkin tidak seperti yang kamu harapkan.

1. Mereka tidak datang dengan damai

Fisikawan Stephen Hawking pernah mengingatkan bahwa upaya manusia untuk berkomunikasi dengan makhluk luar angkasa melalui radio bisa jadi membahayakan, mengapa? Jika Alien yang mendeteksi sinyal mampu datang ke Bumi, maka terbukti bahwa teknologi mereka lebih baik dari manusia. Bisa jadi hasilnya sama seperti ketika Christopher Columbus pertama kali mendarat di Amerika, hal itu tidak berjalan baik untuk penduduk asli Amerika.

Namun, bagaimana kita bisa tahu sifat Alien tersebut baik atau jahat? Seth mengatakan kita tidak perlu melihat jauh ke luar Bumi. Agresi berkembang sebagai sifat di antara penghuni Bumi karena membantu kita mendapatkan dan melindungi sumber daya. Meskipun Alien akan muncul dan berkembang di bawah kondisi yang sama sekali berbeda, tekanan untuk mengamankan sumber daya yang terbatas mungkin akan dibentuk perilaku mereka juga.

"Aku menduga sumber daya akan terbatas di mana saja di alam semesta," kata Seth seperti dilansir Livescience.

2. Bukan alien yang menempatkan manusia di Bumi

Ada teori yang menyatakan bahwa manusia adalah sebuah hadiah dari alien yang dikirim ke Bumi. Beberapa orang berkata mereka dikirim ke Bumi pada waktu Bumi berdekatan dengan planet Nibiru. Seth mendapat e-mail tiap minggunya yang mengatakan Homo sapiens adalah hasil dari intervensi Alien.

"Aku tidak yakin mengapa alien tertarik memproduksi kita. Aku pikir manusia suka berpikir dirinya istimewa. Namun, bukan itu yang menjadi masalah Galileo dan Copernicus, pertanyaannya adalah seberapa istimewakah kita? Namun, jika kita hanya seperti seekor bebek yang ada di jalanan, nampaknya itu tidak lagi menarik," ucapnya lagi.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot Sebut DKI Belum Berencana Rekrut Polisi Cepek

Posted: 24 Jul 2017 09:07 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat enggan berkomentar banyak soal rencana kepolisian menarik polisi cepek atau pak ogah untuk mengatur lalu lintas. Rencana ini dikemukakan Polda Metro Jaya untuk menyikapi kemacetan akibat pembangunan di berbagai jalur protokol dan arteri di Jakarta.

"Tanyakan polisi saja," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Dia menyebut, DKI belum ada rencana merekrut pak ogah seperti pasukan oranye. Sebab, pasukan oranye atau PPSU memiliki jam kerja jelas. Sementara pak ogah bekerja sukarela dan tak memiliki jam kerja.

"PPSU kan kerjanya ada waktunya sesuai jam kerja, dibagi dalam tiga sif. Tapi enggak ngerti, kita belum ada rencana (rekrut)," ucap Djarot.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya berencana merekrut polisi cepek alias pak ogah untuk mengatur lalu lintas sebagai tenaga sukarela.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menyampaikan, para relawan itu dinamakan Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas atau Supertas. Dia mengatakan program itu sudah dibicarakan kepada Pemprov DKI. Tentunya hal tersebut sebagai upaya sinergitas dan kerja sama pemerintah mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

"Saya menghadap gubernur langsung, sama Dishub membicarakan itu. Termasuk Siaga Inasgoc (Indonesia Asian Games Organizing Committee). Kan yang jadi sasaran yang Asia Afrika itu ya. Kita sudah visikan. Itu ke depan harus ditungguin supaya tidak ada lagi. Dari proyek Asia Afrika itu," kata Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat 21 Juli 2017.

Selain mendapat pakaian khusus bercirikan Supertas, mereka akan mendapatkan upah. Penghasilan tersebut berasal dari sejumlah perusahaan yang bekerja sama dalam program pemberdayaan masyarakat tersebut.

"Karena sedang pembangunan infrastruktur kita perbanyak personel," jelas Pagarra.

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusia Akan Rilis Armada Taksi Terbang pada 2018, Masuk Akal?

Posted: 24 Jul 2017 09:03 PM PDT

Taksi terbang. Mungkin kedengaran luar biasa sekaligus mustahil bagi kita. Namun siapa sangka, mode transportasi modern ini dikabarkan akan hadir di Moskow pada tahun 2018.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Selasa (25/7/2017), taksi super canggih ini mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal dan mampu mengangkat dua hingga empat orang penumpang.

Jika itu terjadi, jalanan di Rusia sepertinya tak akan lagi digunakan, atau setidaknya tak sepadat biasanya. 

Perusahaan start-up Rusia, Bartini memamerkan contoh taksi terbang mereka pada 19 Juli 2017 di Pameran Aviasi dan Kedirgantaraan Nasional MAKS 2017. Pihaknya mengatakan, taksi tersebut akan menggunakan platform blockchain (sistem pencatatan transaksi finansial terintegrasi) untuk pasar aviasi masyarakat perkotaan.

Kini, platform sejenis ini sedang dikembangkan oleh korsorsium Blockchain Aero. Mobil Bartini akan menjadi transportasi pertama yang akan menggunakan platform ini.

Menurut rilis pers perusahaan, mobil terbang Bartini dikabarkan dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Mobil ini juga mampu mengangkat dua hingga empat orang dalam satu unitnya. Satu buah mobil terbang bernilai Rp 1,33 miliar hingga Rp 2,66 miliar.

Proyek ini pun telah sesuai dengan persyaratan teknis yang dikeluarkan oleh Uber Elevate and Advanced Program.

Perusahaan lainnya seperti ATM Freight Drones, berjanji akan memamerkan taksi terbang itu di tahun 2018 di Moskow setelah beberapa prosedur terkait telah disahkan.

"Kami telah mengajukan supaya peraturan terkini diamandemen supaya pesawat tak berawak (UAV/drones) dapat digunakan untuk transportasi barang dan penumpang," ujar Alexander Atamanov, pemimpin ATM Freight Drones.

"Pemerintah telah menyetujui, namun keputusan akhir ada di otoritas federal. Jika kami mampu merealisasi taksi terbang ini, maka Moskow akan menjadi salagh satu ibukota di dunia paling inovatif. Apabila prosesnya cepat, saya rasa peraturan ini akan disahkan dalam satu tahun," tambahnya.

Menurut Atamanov, pada kemunculan awal, taksi terbang ini berfungsi untuk perjalanan dekat. Masyarakat dapat memesan jasa taksi ini melalui aplikasi telepon genggam.

"Orang tak bermacet-macet di jalan raya dan tak akan ada peraturan lampu lalu lintas. Transportasi ini akan lebih cepat puluhan kali lipat dibanding transportasi darat," ujar Atamanov.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bakal Periksa Rizieq Shihab Begitu Tiba di Indonesia

Posted: 24 Jul 2017 09:03 PM PDT

video:Polisi Bakal Periksa Rizieq Shihab Begitu Tiba di Indonesia

Rencana kepulangan pemimpin FPI Rizieq Shihab dari Arab Saudi masih menjadi misteri. Meski begitu, beredar kabar bahwa Rizieq akan pulang ke Indonesia untuk merayakan hari jadi atau milad FPI pada pertengahan Agustus 2017 ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyambut baik rencana kepulangan Rizieq. Menurut dia, polisi bakal memeriksa langsung Rizieq begitu tiba di Tanah Air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Tiongkok di Insiden Lompat Pagar Juga Korban Penipuan?

Posted: 24 Jul 2017 09:02 PM PDT

Setelah ditahan dan diinterogasi penyidik Polrestabes Semarang, akhirnya diketahui bahwa lima orang warga Tiongkok itu tak merasa sebagai penjahat atau penipu. Mereka juga tak merasa menjadi anggota mafia penipuan asal Tiongkok.

Dalam pengakuannya kepada penyidik melalui penerjemahnya, mereka mengaku justru sebagai korban. Mereka merasa disekap sehingga menyebabkan dua kawan mereka kabur dengan melompati tembok rumah dan mendarat di rumah tetangganya.

"Dua orang yang melompat dari rumah mewah di Jalan Kawi nomor 48 adalah Zhan Zhi Hao (20) dan Shen Zhon (39). Mereka melompati pagar karena rumah terkunci rapat," kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji, Selasa (25/7/2017).

Menurut Kapolrestabes Semarang, dua orang warga Tiongkok itu merasa ditipu oleh orang yang mengundang dan mengajak kerja di Indonesia. Mereka merasa disekap karena berbagai aturan yang diterapkan oleh yang membawa mereka.

"Benar tidaknya harus dibuktikan. Dengan loncat itulah diketahui warga, dicurigai warga," kata Kapolrestabes Semarang.

Polisi menduga ada praktik perdagangan orang. Berdasar pemeriksaan terhadap lima warga Tiongkok itu, mereka mengaku akan dipekerjakan di Bali. Nyatanya, mereka dibawa ke Semarang tanpa ada penjelasan apa pun. Bahkan, mereka harus menelepon orang-orang di Tiongkok untuk ditipu.

Apakah polisi salah tangkap, korban dijadikan tersangka?

"Satu sisi mereka bisa dikatakan korban human trafficking. Di sisi lain mereka sindikat, pelaku walau korban ada di Tiongkok," kata Abiyoso.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Tak Sabar Ingin Permalukan Madrid Lagi

Posted: 24 Jul 2017 09:00 PM PDT

Gelandang MU, Juan Mata, tidak sabar untuk kembali bertemu Real Madrid bulan depan. Pemain asal Spanyol itu percaya Setan Merah bakal menang lagi di laga tersebut.

Kedua tim bertemu dalam ajang International Champions Cup awal pekan ini. MU sukses menang dalam adu penalti setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal.

Namun, pertemuan sesungguhnya baru terjadi 8 Agustus mendatang. Tepatnya dalam memperebutkan Piala Super Eropa.

"Kami coba menghadapi laga itu dengan kondisi fisik dan mental sebaik mungkin. Itu sebabnya kami bekerja keras dalam pramusim," kata Mata seperti dilansir laman resmi MU.

"Yang jelas seluruh pemain tak sabar menjalani laga tersebut. Memenangkan Piala Super Eropa akan menambah lagi sejarah klub ini," ujarnya menambahkan.

Meski demikian masih ada tiga laga uji coba lagi yang dilakukan MU sebelum melawan Madrid. Mata berharap timnya bisa meraih hasil yang bagus.

"Saya pikir jumlah uji coba lebih dari cukup untuk persiapaan Piala Super Eropa. Semoga saja tidak ada pemain MU yang cedera," katanya menambahkan. *

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sundar Pichai Resmi Gabung ke Jajaran Eksekutif Alphabet

Posted: 24 Jul 2017 09:00 PM PDT

CEO Google Sundar Pichai secara resmi bergabung dengan induk perusahaan Google, Alphabet. Informasi ini disampaikan langsung dari pihak Google pada Senin (24/7/2017).

Dalam keterangan yang disampaikan CEO Alphabet Larry Page, pertimbangan Pichai bergabung ke Alphabet tak lain karena kinerjanya yang dinilai melampaui ekspektasi. Terlebih, Sundar dijuluki sebagai salah satu CEO dengan seribu inovasi.

"Pichai begitu sempurna sebagai CEO Google. Ia punya pertumbuhan yang kuat, kemampuannya bermitra dengan rekan juga tak perlu diragukan. Inovasinya tiada henti. Saya benar-benar menikmati kerja sama dengannya dan menyambut Sundar untuk bergabung ke jajaran eksekutif Alphabet," kata Page sebagaimana dikutip Tech Crunch.

Untuk informasi, Sundar menggawangi Google sejak Agustus 2015. Kala itu, Sundar ditunjuk sebagai CEO saat Google "dipecah" ke beberapa perusahaan dan induk usahanya menjadi Alphabet. Pichai dikenal sebagai salah satu Googlers (sebutan karyawan Google, red.) yang berprestasi.

Kiprahnya tak lepas dari inovasi beberapa produk, meliputi Search, Clouds, dan Maps. Pichai juga diketahui turut andil dalam mengembangkan Android dan YouTube.

Pria yang lahir di Chennai, India, 45 tahun lalu ini bergabung dengan Google pada 2004. Waktu itu, Pichai berperan menggeluti bisnis produk konsumen, engineering, dan riset Google.

Dengan bergabungnya Pichai ke jajaran eksekutif Alphabet, kini total jajaran eksekutifnya menjadi tujuh. Adapun selain Pichai dan Page, anggota jajaran eksekutif lainnya seperti co-founder Google Sergey Brin, Eric Schmidt, John Doerr, dan Diane Greene.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Pichai juga termasuk ke daftar CEO perusahaan teknologi dengan penghasilan tertinggi.

Menurut laporan CNBC yang Tekno Liputan6.com kutip, Pichai mendapatkan gaji US$ 650.000 atau setara Rp 8,6 miliar pada 2016. Angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan gajinya pada 2015 yang mencapai US$ 652.500 atau setara Rp 8,7 miliar.

Selain itu, Pichai bahkan mendapatkan penghasilan dari sahamnya di Google yang jika diuangkan mencapai US$ 198,7 juta pada 2016. Angka itu setara dengan Rp 2,64 triliun.

Penghasilan Pichai dari saham Google dilaporkan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan penghasilan sahamnya pada 2015 dengan nilai US$ 99,8 juta atau setara Rp 1,32 triliun.

Jika diakumulasi, keseluruhan penghasilan Pichai, baik dari gaji maupun saham senilai US$ 199,7 juta (Rp 2,66 triliun), naik dua kali lipat dari sebelumnya US$ 100,6 juta (Rp 1,34 triliun).

Penghasilan yang didapat Pichai ini juga melebihi apa yang didapatkan oleh dua bosnya, yakni pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.

Keduanya hanya mendapat gaji US$ 1 atau sekitar Rp 13.300 untuk perannya sebagai CEO dan President Alphabet. Namun, Page dan Brin masing-masing mendapatkan US$ 40 miliar (Rp 533 triliun) untuk kepemilikan sahamnya.

(Jek/Cas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Itu Pegal Linu dan Cara Ampuh Meredakan Rasa Sakitnya

Posted: 24 Jul 2017 09:00 PM PDT

Setelah melalui berbagai aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga biasanya Anda akan merasakan rasa nyeri di sekitar otot yang digunakan atau biasa disebut pegal linu. Ya, pegal linu adalah rekasi tubuh dimana rasa kaku, nyeri dan tidak nyaman terasa pada persendian dan otot.

Rasa nyeri di otot tersebut dipicu oleh kelelahan dan kerusakan mikroskopis di dalam otot (microscopic tears) yang biasanya sembuh dengan sendirinya. Tak hanya itu , rasa nyeri dan tidak nyaman pada persendian dan otot juga bisa disebabkan oleh, antara lain

- Terjadinya penumpukan zat asam laktat pada otot
- Tidak seimbangnya kandungan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang biasanya berfungsi untuk mengontrol antara kontraksi serta relaksasi
- Pernah menjalani pengobatan tertentu yang bersifat diuretik
- Menurunnya fleksibilitas tubuh
- Kesalahan posisi tubuh ketika beraktivitas
- Mengalami dehidrasi

Tak hanya faktor dari dalam, rasa pegal linu juga bisa disebabkan oleh infeksi dari luar, seperti virus influenza, cacar air atau herpes yang umumnya menyebabkan rasa pegal dan linu sebelum muncul gejala yang lebih spesifik, serta kondisi medis lainnya seperti rheumatoid arthritis atau multiple sclerosis.

Memang pegal linu yang dipicu oleh kelelahan bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari, namun tetap saja rasa pegal tersebut membuat kondisi tubuh tidak nyaman. Terlebih bila Anda orang sibuk, bisa-bisa aktivitas harian Anda bisa terganggu.

Pegal linu biasanya menyerang pada daerah persendian seperti leher, punggung, lengan, kaki dan pundak yang biasanya disebabkan oleh kekakuan pada otot dan bisa terjadi pada siapa saja. Aktifitas yang dapat menyebabkan pegal linu pun bermacam-macam, seperti duduk terlalu lama, kurang olahraga atau olahraga berlebihan tiap hari, mengangkat beban yang terlalu berat, tegang karena emosi yang memuncak, perjalanan jarak jauh, kurang istirahat, dan faktor usia diatas 50 tahun dimana kondisi otot dan persendian yang mengalami penurunan kekuatan dan cadangan kalsium.

Untuk meredakan pegal linu ada bermacam cara, diantaranya olahraga rutin, istirahat yang cukup, memperbaiki posisi tidur dan duduk, mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta minum cukup, pengobatan alternatif, dan melakukan peregangan dan pemijatan untuk membuat otot rileks.

Ilustrasi Tolak Linu Herbal kemasan sachet.


Agar hasil maksimal bila perlu Anda bisa mengonsumsi Tolak Linu Herbal yang merupakan pengembangan dari jamu "Cabe Puyang" yang sejak dahulu digunakan dan dipercaya masyarakat indonesia utuk menghilangan pegal linu dan nyeri sendi.

Tolak Linu Herbal bukan obat penghilang rasa sakit, tetapi bekerja dengan melancarkan peredaran darah untuk menguraikan penyebab pegal linu lebih cepat. Tolak Linu Herbal cocok untuk yang memiliki aktivitas tinggi. Bisa Diminum 2 sampai 3 kali sehari, setelah beraktifitas dan sebelum tidur. Badan jadi sehat, seger, bebas linu.

Tolak Linu Herbal terbuat dari 100 persen herbal dan diproses dengan standar GMP (Good Manufacturing Practice) dan dianalisis di laboratorium yang telah terakreditasi dan terdaftar di POM. TR. 112 624 961 jadi benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Jadi, kalau capek dan pegal, minum Tolak Linu, badan jadi selalu segar. Tolak Linu ada 2 varian, Tolak Linu Original dan Tolak Linu Mint.



(Adv)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Amran: Penggerebekan Gudang Beras Tak Terkait Politik

Posted: 24 Jul 2017 09:00 PM PDT

Kasus penggerebekan gudang beras yang diduga memalsukan beras subsidi menjadi beras premium dengan merek Maknyuss dan Cap Ayam Jago menyeret nama Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Anton Apriyantono. Namun dalam hal ini, pemerintah mengaku tidak tahu menahu mengenai dugaan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Itu politik, jujur kami tidak mengerti. Kami datang (ke lokasi penggerebekan) bukan untuk mengadili," tegas Mentan, Amran Sulaiman di Jakarta, seperti ditulis Selasa (26/7/2017).

Ketika dirinya datang di lokasi penggerebekan, Kamis pekan lalu, Amran bilang, sudah ada garis polisi membentang di gudang. Garis polisi itu sudah dipasang 2-3 hari sebelumnya.

"Kami datang, sudah ada police line 2-3 hari. Gudang sudah dikunci dan kami diajak pergi melihat oleh Satgas Pangan, lengkap bersama Kepolisian, BUMN, Kementerian Perdagangan," ujarnya.

"Kami tidak masuk wilayah politik, PKS itu kami juga tidak mengerti. Kami tidak tahu itu PT Tiga Pilar, dan kami baru tahu (Mantan Mentan) ternyata beritanya mengejutkan," kata Amran.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anton disebut merupakan Komisaris Utama PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS), yang tak lain adalah induk perusahaan PT Indo Beras Unggul (IBU). PT IBU merupakan pemilik gudang beras yang digerebek Satgas Ketahanan Pangan dan Operasi Penurunan Harga Beras Mabes Polri, karena diduga melakukan praktik kecurangan.

Penelusuran Liputan6.com, dalam situs tigapilar.com, Anton Apriyantono duduk sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen. Di laman tersebut, terpampang foto kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menjadi Menteri Pertanian di masa era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Sementara Wakil Komisaris PT TPS adalah Kang Hongkie Widjaja. Ada juga nama penggiat kuliner Bondan Haryo Winarno sebagai Komisaris Independen.

Namanya dibawa-bawa, Anton pun angkat bicara. Kepada Liputan6.com yang menghubunginya, Sabtu (22/7/2017), Anton mengatakan, apa yang dituduhkan kepada perusahaannya itu fitnah besar.

"Itu fitnah besar. Jelas tidak benar. Apa definisi mengoplos? Kami kan menjual merek dengan kualitas tertentu, bukan varietas tertentu," kata Anton.

Varietas IR 64, ujar Anton, merupakan varietas lama yang sudah digantikan dengan varietas yang lebih baru yaitu Ciherang. Kemudian diganti lagi dengan Inpari.

"Jadi di lapangan, IR 64 itu sudah tidak banyak lagi. Selain itu, tidak ada yang namanya beras IR 64 yang disubsidi, ini sebuah kebohongan publik yang luar biasa," ujar Anton.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Jitu Orangtua Bikin Anak Ungkap Bullying yang Dialaminya

Posted: 24 Jul 2017 09:00 PM PDT

Perundungan (bullying) memang tak kenal usia. Korban dan pelaku bullying pun bisa anak-anak hingga orang dewasa. Khususnya pada anak-anak korban bullying, mereka seringkali malu mengungkapkan bullying yang diterimanya.

Dari sisi psikologi, bullying bisa membuat anak menjadi malu, tidak percaya diri, dan merasa tertekan atas apa yang dialaminya.

Untuk mengetahui, apakah anak mengalami bullying, Seto Mulyadi, psikolog anak yang aktif di Komisi Nasional Perlindungan Anak memberikan tipsnya.

"Orangtua itu harus memancarkan aura penuh persahabatan. Setelah pulang sekolah, misalnya, jangan tanyai anak soal berapa nilai ulangan atau pelajarannya susah atau tidak. Pertanyaan ini bisa membuat anak malah enggan menceritakan bullying, yang mungkin diterimanya," jelas Kak Seto, sapaan akrabnya usai acara temu media Hari Anak Nasional 2017 di Kementerian Kesehatan, Jakarta pada Senin (24/7/2017).

Kak Seto melanjutkan, orangtua perlu menerapkan pendekatan emosional dan perasaan.  Hindari membahas terlalu rinci soal aspek nilai dan pelajaran.

"Tanyai anak, 'Tadi ngapain saja sama teman-teman di sekolah?' Anak juga merasa lebih pas dengan pertanyaan tersebut. Anak akan berani menjawab, kalau dia diejek atau diolok-olok oleh temannya," lanjutnya.

Cara ini membuktikan orangtua menjadi sahabat yang baik untuk anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Iskandar Sengaja Tak Undang Ayu Ting Ting di Ultah Anak?

Posted: 24 Jul 2017 09:00 PM PDT

Jessica Iskandar baru saja menggelar pesta ulang tahun anaknya, El Barack Alexander, yang ke-3 pada Jumat (21/7/2017). Dalam acara tersebut, hadir beberapa artis beserta anaknya, seperti Sarwendah dan Olla Ramlan.

Namun, Ayu Ting Ting tak terlihat dalam acara tersebut. Padahal, Jessica Iskandar dan Ayu Ting Ting sempat punya hubungan yang dekat. Namun karena gosip Ayu dekat dengan Raffi Ahmad, Jessica Iskandar menjauh.

Jessica Iskandar merayakan ulang tahun ketiga putranya, El Barack Alexander. (Instagram)

Lantas, apakah ketidakhadiran Ayu Ting Ting di ultah El Barack karena memang tidak diundang Jessica Iskandar?

"Perlu dijawab ya emang?" kata Jessica Iskandar dengan nada ketus, saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (24/7/2017).

Jessica Iskandar mengatakan, ia tak mengundang Ayu Ting Ting lantaran takut mengganggu jadwal pekerjaan. "Aku takut dia (Ayu Ting Ting) sibuk," ucap Jessica Iskandar.

Jessica Iskandar dan Ayu Ting Ting (Instagram)

Dari jawaban Jessica Iskandar, ia sepertinya enggan mengomentari apa pun perihal Ayu Ting Ting. Apalagi, hubungan keduanya sempat tak harmonis beberapa waktu lalu. 

"Kalau berteman ada kesalahan itu biasa ya, gimana kita jadi manusia maunya baik-baik saja. Masalah sudah berlalu dan minta maaf ya, kayak air di bawah jembatan, terus aja mengalir. Kami mau baik, jadi doain aja yang baik-baik," kata Jessica Iskandar.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Anda Sulit Mengingat Nama Orang Setelah Pertemuan Pertama

Posted: 24 Jul 2017 09:00 PM PDT

Anda mungkin juga sering mengalaminya, sulit mengingat nama seseorang setelah pertemuan pertama yang sederhana, ya? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Menurut seorang psikolog Dervla Loughnane, ada penjelasan sederhana mengenai hal ini.

Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (25/7/2017), ketika pertama kali bertemu dengan seseorang, Anda melupakan namanya karena diri Anda tidak fokus pada nama orang tersebut. Di pertemuan pertama, orang- orang cenderung lebih fokus pada penilaian terhadap orang tersebut dan bagaimana cara mempresentasikan diri sendiri.

Ini bukan sebuah sikap yang kasar, Anda hanya mencoba fokus untuk membuat kesan pertama yang hebat, sehingga tidak memberikan perhatian lebih kepada hal lain. Para peneliti menganjurkan satu hal sederhana yang yang bisa Anda coba di lain kesempatan untuk memperbaiki hal ini.

Di lain waktu, ketika bertemu dengan orang baru, cobalah memanggil namanya. Sebagai contohnya, "Rena, jenis film apa yang suka kamu tonton?"

Atau cara lain yang bisa Anda gunakan adalah mengasosiasikan nama orang tersebut dengan sesuatu yang unik dan mencerminkan dirinya. Misalnya, orang tersebut terbiasa menggunakan sepatu warna biru.

Percayalah, cara ini cukup manjur untuk membantu Anda mengingat nama orang setelah pertemuan pertama yang sederhana. Selamat mencoba!

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Persilakan PNS Anggota HTI Mundur dari Tugas

Posted: 24 Jul 2017 08:51 PM PDT

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta pegawai negeri sipil (PNS) yang terbukti sebagai anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) untuk mundur dari tugas. Namun, kata Tjahjo, mereka bisa tidak mundur asal memenuhi syarat. Tjahjo mengatakan, kepala daerah bertugas menyeleksi PNS yang berafiliasi HTI akan melalui seleksi juga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jordi Alba: Neymar Bahagia di Barcelona

Posted: 24 Jul 2017 08:50 PM PDT

Bek kiri Barcelona, Jordi Alba meyakini jika Neymar bahagia bersama klub asal Katalunya itu. Itulah mengapa dia bersama rekan lainnya santai mendengarkan rumor transfer Neymar yang disebutkan bakal gabung Paris Saint-Germain (PSG).

Barcelona saat ini sedang menjalani pramusim di Amerika Serikat. Pada Kamis (27/7/2017) pagi, Barcelona bakal hadapi Manchester United (MU) di New Jersey.

"Neymar masih pemain Barcelona hingga akhirnya dia memang benar-benar disebut sudah pergi. Dia sangat tenang. Ruang ganti juga tenang. Dia sangat bahagia di sini," kata Alba seperti dikutip sport.

Alba juga mengomentari kicauan Gerard Pique soal transfer Neymar. Saat itu, Pique menulis Neymar akan bertahan di Barcelona.

Kicauan itu disertai fotonya bersama Neymar sedang berangkulan. Sontak, reaksi beragam pun timbul, terutama dengan pihak-pihak yang inginkan Neymar hengkang.

"Secara personal saya belum bicara dengan Neymar soal ini. Tanya saja Pique. Tapi ribut-ribut soal ini itu normal. Neymar salah satu pemain terbaik di dunia," katanya.

Neymar dalam dua pekan ini gencar diberitakan bakal hengkang ke PSG. Klub kaya asal Prancis itu dikabarkan siap membayar klausul kontrak Neymar sebesar 222 juta euro (Rp 3,4 Triliun).

Hingga saat ini, Neymar masih bungkam soal rumor transfernya ke PSG. Dikabarkan, rekan-rekan Neymar asal Brasil yang main di PSG sudah bujuk Neymar agar bergabung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Kereta Tanpa Awak Bandara Soekarno-Hatta Capai 87 Persen

Posted: 24 Jul 2017 08:47 PM PDT

Perkembangan proyek kereta tanpa awak di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang sudah mencapai 87 persen. Automated People Mover System (APMS) atau atau skytrain ini diharapkan bisa beroperasi pada akhir tahun ini.

"Progres infrastruktur APMS sampai 4 Juli 2017 telah terealisasi mencapai 87 persen," ujar Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho, di Tangerang, Selasa (25/7/2017). 

Prasetyo mengatakan, rencananya satu trainset yang sudah tiba pada Juni lalu akan dioperasikan dari Terminal 2  ke Terminal 3 dengan headway 5 menit.

Adapun untuk perkembangan pengadaan rolling stock berkisar 85 persen. "Sedangkan 2 trainset lainnya akan tiba akhir Juli 2017 ini," dia mengungkapkan.

Dia mengaku rencananya pada akhir Juli atau awal Agustus nanti berlangsung uji coba skytrain. Namun, untuk tahap awal masih menggunakan pengemudi.

"Sekitar satu bulan akan didampingi oleh Ditjen Perkeretaapian, setelah itu baru tanpa pengemudi," kata Prasetyo.

Adapun satu trainset atau dua gerbong skytrain memiliki kapasitas 176 penumpang. Nantinya jarak tempuh penumpang antar terminal yang tadinya sekitar 15 menit, hanya akan ditempuh sekitar 7 menit.

Seperti diketahui, kereta tanpa masinis ini akan dioperasikan anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), yaitu PT Railink. Dalam sekali jalan, kereta melayang ini‎ ‎mampu mengangkut 88 orang per gerbong.

Gerbong kereta tanpa masinis ini merupakan produksi Korea Selatan, yaitu Woojin Industrial Sytem Co Ltd. (Pramita Tristiawati)

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituding Yulianis Istimewakan Nazaruddin, Ini Kata KPK

Posted: 24 Jul 2017 08:46 PM PDT

Dalam rapat Pansus Hak Angket KPK, mantan Direktur Keuangan PT Permai Grup, Yulianis , menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengistimewakan Nazaruddin. PT Permai Grup merupakan perusahaan milik mantan Bendahara Partai Demokrat, M Nazaruddin.

Yulianis yang juga saksi persidangan kasus korupsi mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengaku ia dan sejumlah mantan karyawan di perusahaan kepunyaan Nazaruddin heran dengan perlakuan istimewa tersebut.

"Tujuan saya bicara di sini bukan untuk melemahkan, menjatuhkan KPK, tapi supaya KPK berhenti mengistimewakan Nazaruddin dan tolong perhatikan teman-teman saya karena ulah Nazaruddin. Jangan orang-orang kecil seperti kami dijadikan tumbal," ujar Yulianis di Ruang KK I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 24 Juli 2017.

Yulianis menjelaskan, bukti keistimewaan itu bisa dilihat dari banyaknya aset Nazaruddin yang tidak disita KPK. Ditambah lagi dengan Nazaruddin yang bebas memanggil para karyawannya ke penjara.

"Banyak aset Pak Nazar belum disita KPK. Alasannya, bukan atas nama Nazaruddin. Pak Nazar bisa bebas mengintimidasi mantan karyawannya yang akan bersaksi di persidangan dengan memanggilnya ke penjara," kata Yulianis.

Dia mengungkapkan, Nazaruddin kerap mengumpulkan karyawannya untuk diintimidasi. Hal itu dilakukan saat Nazaruddin berada di Lapas Cipinang dan Mako Brimob.

"Waktu Pak Nazar di Lapas Cipinang, ada ruangan khusus untuk mengumpulkan karyawannya. Di Mako Brimob, di samping ruang tahanan ada tempat untuk kumpul. Kalau di Rutan KPK memang agak ketat, tapi dia berpura-pura ke rumah sakit dan bertemu karyawannya di situ," kata dia.

Yulianis menambahkan, KPK cuma menangani lima kasus Nazaruddin dari 162 proyek miliknya. Sementara Kejaksaan menangani sembilan kasus dan Kepolisian pun menangani 15 kasus. Nazaruddin juga hanya menjadi terpidana di satu proyek, yaitu Wisma Atlet.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah saat kofrensi pers di gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/12). KPK menjerat Bupati Nganjuk Jawa Timur, Taufiqurahman sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. (Liputan6.com/Helmi Affandi)

Terkait tudingan Yulianis atas perlakuan istimewa KPK terhadap M Nazaruddin, lembaga antikorupsi itu pun memberikan tanggapannya. Menurut KPK, semua saksi dan tersangka mendapat perlakuan yang sama.

"Semua saksi dan tersangka serta berstatus mendapat perlakuan sama di KPK. Hubungan istimewa itu mungkin hanya kecurigaan. Lantas, karena KPK memiliki sistem tersendiri dalam penanganan perkara, hal tersebut terminimalkan," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Febri juga menjelaskan, terkait status Nazaruddin sebagai justice collaborator (JC) dalam tindak pidana korupsi, hal itu bukan suatu keistimewaan.

Menurut dia, status Nazaruddin sebagai JC tak serta-merta wewenang KPK, tapi telah dipertimbangkan majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Tipikor.

"Pemberian status JC itu tidak hanya sikap KPK. Namun, juga membutuhkan pertimbangan dari hakim untuk pihak-pihak yang memberikan keterangan mengungkap keterlibatan pihak atau aktor yang lebih besar," tutur Febri.

Dalam tudingannya, Yulianis juga menyebut Nazaruddin memiliki kedekatan atau hubungan khusus dengan mantan pemimpin KPK sehingga kasusnya aman. Namun begitu, KPK memastikan bahwa hal itu hanya bentuk kecurigaan tak beralasan dari Yulianis.

"Saya kira kalau ada tudingan tentang itu, pasti tidak. Nazar sudah diproses KPK dalam satu kasus korupsi dan satu kasus pencucian uang. Bahkan, KPK saat ini mulai masuk pada pidana koorporasi untuk perusahaan yang mengerjakan proyek-proyek tersebut," ucap Febri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Choir Company Tur 7 Kota Galang Kepedulian Anak-Anak NTT

Posted: 24 Jul 2017 08:44 PM PDT

Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli, The Choir Company (TCC), kelompok musik asal Belanda, mengadakan konser pada 24 Juli 2017 hingga 4 Agustus 2017, di tujuh kota di Pulau Jawa, yaitu Surabaya, Malang, Magelang, Yogyakarta, Solo, Depok, dan Bogor.

Tujuan konser ini adalah untuk menggalang kepedulian bagi anak-anak Indonesia, khususnya yang saat ini berada di wilayah Manggarai Timur dan Timor Tengah Selatan yang merupakan wilayah dampingan Wahana Visi Indonesia (WVI), sebuah yayasan sosial kemanusiaan yang fokus terhadap anak.

Sejak 1998, WVI telah menjalankan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak dengan mengedepankan program pengembangan yang bersifat jangka panjang. Untuk wilayah Surabaya, WVI memulai pelayanannya pada 1999. Sejak itu, WVI telah mendampingi sekitar 15.000-20.000 anak di Surabaya, melalui program sponsorship.

"Program sponsor anak itu sendiri merupakan program WVI di mana individu dapat mendonasikan Rp 150.000 setiap bulannya untuk setiap satu anak WVI di wilayah dampingan tertentu. Dana sponsor ini akan digunakan untuk membiayai program-program pengembangan masyarakat jangka panjang WVI di wilayah tersebut untuk peningkatan kesejahteraan hidup anak, keluarga, dan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan," jelas Asteria Aritonang, Direktur Pengembangan Sumber Daya Nasional WVI.

Beranggotakan 15-20 orang pria dan wanita dari latar belakang yang berbeda-beda, TCC memiliki komitmen yang tinggi untuk membantu program kemanusiaan. Sejak 2001, sudah delapan kali TCC datang ke Indonesia dan menggalang kepedulian untuk anak-anak Indonesia. Itu sebabnya, dalam konser yang kesembilan ini pun, sebagai wujud totalitas pelayanannya, setiap anggota TCC membiayai perjalanannya sendiri dari Belanda-Indonesia-Belanda.

"Kita semua layak memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan mimpi kita. Kita semua juga layak mendapatkan dukungan dari orangtua," ia menambahkan.

Menurut Asteria , anak-anak butuh dukungan dari lingkungan tempat tinggal yang selalu mendorong mereka maju dan belajar, serta kerja keras untuk mewujudkan impian hingga menjadi kenyataan.

WVI fokus untuk mewujudkan hidup dan mimpi anak yang utuh sepenuhnya, tapi mereka tidak bisa bekerja sendiri. "Mereka membutuhkan kamu, kita semua. Ketika Anda mensponsori anak di Wahana Visi Indonesia, itu artinya Anda telah menjadi bagian penting usaha mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak ini. Kami berharap masih ada ruang di dalam hati Anda untuk anak-anak Indonesia," ujar Maarten Wassink, Direktur The Choir Company.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: