Minggu, 16 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


PTPP Raih Kontrak Baru Rp 20,2 Triliun di Semester I 2017

Posted: 16 Jul 2017 09:15 PM PDT

PT PP (Persero) Tbk, membukukan kontrak baru sampai dengan akhir Juni 2017 atau Semester I 2017 sebesar Rp 20,2 triliun. Pencapaian tersebut mencerminkan pertumbuhan kontrak baru sebesar 43 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp. 14,1 triliun.

"Semester I 2017 ini, Perseroan berhasil mencapai kontrak baru sebesar 49,7 persen dari total target yang ditetapkan oleh perseroan sepanjang tahun ini, yaitu sebesar Rp 40,6 triliun," ujar Direktur Utama PT PP, Tumiyana dalam keterangan resminya, Senin (17/7/2017).

Pencapaian kontrak baru sebesar Rp 20,2 triliun tersebut terdiri dari kontrak baru Induk Perseroan sebesar Rp 17,8 triliun dan anak usaha sebesar Rp 2,4 triliun.

Beberapa proyek yang berhasil diraih PTPP selama bulan Juni, antara lain: Pembangunan Marine Facilities dan Tangki Penyimpanan Minyak Mentah 3x200.000 m3 di Bantaeng Sulawesi Selatan sebesar Rp 2,3 triliun, Jalan Tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo (lanjutan) Rp 1,1 triliun, Depok Stater City Rp 1 triliun, Runway 3 Bandara Soekarno Hatta (Taxiway) Rp 658 miliar.

Kemudian Pembangunan Bendungan Lolak Paket II Rp 447 miliar, CSTS Tangguh Rp 390 miliar, Universitas Negeri Surabaya Rp 165 miliar, Jalur Kereta Api Bandar Tinggi Kuala Tanjung Rp 163 miliar, Universitas Tanjung Pura Kalimantan Barat Rp 159 miliar, dan sebagainya.

Dijelaskan Tumiyana, komposisi kepemilikan perolehan kontrak baru tersebut mayoritas berasal dari BUMN yang mencapai 62,5 persen, swasta 26,3 persen dan pemerinah 11,2 persen.

Dengan mengantongi kontrak baru sd Juni 2017 sebesar Rp 20,2 triliun, Manajemen Perseroan masih optimistis target kontrak baru 2017 sebesar Rp 40,6 triliun ini dapat terlampaui di akhir tahun ini", lanjut Tumiyana.

Sementara itu, Perseroan memprognosakan pada Semester I 2017 dapat meraih pendapatan usaha sebesar Rp 8,1 triliun atau tumbuh 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp.6,4 triliun. Dengan pendapatan usaha sebesar Rp 8,1 triliun, perseroan memprediksi dapat meraup laba bersih sebesar Rp 625 miliar di Semester I ini atau tumbuh 52 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 410 miliar.

Untuk meningkatkan kinerja Perseroan di tahun 2017, saat ini Perseroan sedang mempersiapkan 3 (tiga) anak usahanya untuk melantai di Bursa melalui mekanisme penawaran umum saham atau initial public offering (IPO). Anak usaha Perseroan yang dijadualkan akan melaksanakan IPO pada tahun ini, yaitu PT PP Presisi, PT PP Urban dan PT PP Energi. Anak usaha Perseroan yang dipersiapkan untuk melaksanakan IPO terlebih dahulu, yaitu PT PP Presisi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Persija, Espanyol Bawa Eks Gelandang Real Madrid

Posted: 16 Jul 2017 09:15 PM PDT

RCD Espanyol tak main-main dalam laga uji coba melawan Persija Jakarta tengah pekan ini. Klub La Liga itu membawa 19 pemain utamanya untuk kunjungannya ke tanah air.

Persija akan menjadi lawan pertama bagi Esteban Granero dan kawan-kawan. Setelah itu mereka akan menantang Borussia Dortmund dan Hamburg.

Itu sebabnya sejumlah pemain baru pun dibawa ke Indonesia. Seperti Granero, Mario Hermoso, Leo Baptistao, dan Sergi Garcia.

Nama Granero mungkin yang cukup dikenal pecinta sepak bola tanah air. Maklum, gelandang berusia 30 tahun itu pernah membela Real Madrid, QPR, dan Real Sociedad.

Hanya ada empat pemain yang tidak dibawa ke Indonesia. Yakni Victor Sanchez, Pablo Piatti, Paco Montanes, dan Alex Lopez.

Musim lalu Espanyol finis di posisi kedelapan klasemen La Liga. Laga melawan Persija akan digelar di Stadion Patriot, 19 Juli mendatang dengan harga tiket mulai Rp 100 ribu.

Pemain yang dibawa Espanyol:

Pau López, Aarón, Manel Royo, Mario Hermoso, David López, Lluís, Correa, Javi López, Marc Navarro, Diop, Marc Roca, Javi Fuego, Granero, Puado, Jurado, Melendo, Sergio García, Gerard, Baptistao

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

John Legend dan Chrissy Teigen Tampil Memukau dengan Pakaian Bali

Posted: 16 Jul 2017 09:13 PM PDT

John Legend dan sang istri Chrissy Teigen baru-baru ini pergi menikmati liburannya ke Indonesia, tepatnya Bali. Terlihat dari beberapa postingan foto yang mereka unggah di Instagram, sepasang suami istri ini tampak serasi mengenakan pakaian adat Bali yang memukau.

Dalam keterangan foto yang diunggah oleh Chrissy Teigen dan di repost kembali oleh John Legend, ia menyebutkan bahwa mereka sangat senang bisa kembali ke Bali dan tampil menawan dengan balutan pakaian adat Bali. Setelah sebelumnya mengunjungi Bali saat sedang hamil 8 bulan.

Chrissy Teigen mengenakan kebaya panjang yang menjuntai ke belakang berwarna merah marun dengan padanan kain khas Bali warna keemasan. Tak ketinggalan aksesori kepala yang biasa dikenakan oleh pengantin wanita Bali warna emas, lengkap dengan riasan payes dan hiasan bunga pada rambut.

 

A post shared by chrissy teigen (@chrissyteigen) on

Sementara John Legend tampil berkharisma, gagah dan tampan dengan balutan busana khas pengantin pria Bali. Lengkap dengan beskap warna emas dan busana dalaman warna merah marun serta kain khas Bali yang diikat dengan kain selendang atau umpal. Tak lupa juga ia mengenakan hiasan kepala untuk pria, yaitu udeng warna emas serta aksesori seperti keris yang dipegang di tangannya.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot Kebut Air Mancur Bergoyang di Monas

Posted: 16 Jul 2017 09:12 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tengah mengebut beberapa program sebelum masa kerjanya habis pada Oktober 2017.

"Semuanya saya kejar, Oktober kita selesaikan supaya enggak membebani kepemimpinan selanjutnya. Kami selesaikan, akan kebut. Hanya beberapa saja yang belum selesai," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (17/7/2017).

Tiga program yang tengah dikejar Djarot adalah Simpang Susun Semanggi, pengoperasian Koridor 13 Transjakarta dan air mancur bergoyang di Monas.

"Satu lagi air mancur bergoyang di Monas. Kita lagi tata musiknya supaya mengiringi. Saya pesan musiknya harus musik daerah nanti di Monas. Kalau malam bisa dinikmati," kata Djarot

Dia mengatakan, penataan musik harus pas sesuai dengan irama goyangan air mancur dan pencahayaan.

"Musiknya jangan hanya musik Betawi doang," ucap Djarot.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbawa Suasana, Wali Kota Risma Tiba-Tiba Menari Bali

Posted: 16 Jul 2017 09:01 PM PDT

Ramainya suasana Cross Culture International (CCI) Folk Art di Tugu Bambu Runcing, Surabaya, Jawa Timur, rupanya membuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersemangat. Ia bahkan tak segan-segan menari Bali saat tiba-tiba diajak berduet oleh salah seorang penari.

Meski sempat kaget, Risma langsung menerima ajakan tersebut. Warga yang menyaksikan momen langka tersebut langsung bersorak dan bertepuk tangan. Dengan gemulai, jari-jemari Risma mulai menari. Gerakannya tak kalah dengan penari profesional.

"Dulu aku pernah menari Bali waktu SMA. Semasa SD juga pernah menari Jawa," kata Risma sambil tertawa, Minggu, 16 Juli 2017.

Semangat Risma itu ditularkan pula kepada para peserta yang tampil. Ia bahkan yang mengompori warga untuk terus bertepuk tangan bagi setiap peserta festival budaya tari dan musik itu.

"Ayo mana semangatnya. Beri tepuk tangan semua," kata Risma.

Risma menyatakan penampilan para peserta Cross Culture hari itu sangat bagus dan menghibur dirinya. Wali kota perempuan pertama di Surabaya berharap acara itu ini mampu menjadikan Surabaya sebagai salah satu destinasi wisata. Ia berjanji akan mengemas acara itu lebih profesional lagi.

"Nanti bisa kita jual di mancanegara," ujar Risma.

Parade seni yang diikuti ratusan peserta itu diawali dengan menunggangi becak hias dari Taman Bungkul melalui Tugu Karapan Sapi dan berhenti di Tugu Bambu Runcing.

Di sana, mereka menampilkan atraksi budaya dibalut kostum yang menjadi ciri dari masing-masing negara.  Satu per satu peserta unjuk kebolehan dengan menampilkan berbagai macam atraksi budaya dan tarian tradisional dengan iringan musik.

Slovakia sebagai negara pertama dengan jumlah 24 orang menampilkan tarian cardas, disusul Polandia yang membawa 27 orang menampilkan tarian krakovia. Lalu, negara gajah putih Thailand dengan 28 orang penari menampilkan tari ponglang. Selanjutnya, Kanada yang membawa 22 orang menyajikan tarian dansa jalanan.

Kemudian, dua penari asal Guangzhou, China membawakan tarian akrobatik. Sementara, Lithuania sebanyak 27 orang menampilkan tarian flowers walk, Rusia yang membawa 22 orang memadukan berbagai macam tari-tarian suku dan bahasa dan terakhir dua penari Prancis menampilkan Les Grandes Personnes atau tarian boneka raksasa.

Wakil dari Indonesia setidaknya menampilkan dua tarian. Sebanyak 22 orang menampilkan tari Joger Bali, sedangkan 12 orang lainnya menampilkan Tarian Garuda dari Jawa Barat.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

Para peserta Surabaya Cross Cultural Festival yang berlangsung Minggu, 16 Juli 2017. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Widodo Suryantoro mengatakan acara tahun ini diikuti 224 peserta. Ia menyebut festival tahun ini lebih semarak dari sebelumnya.

"Karena jumlah negara yang ikut cukup banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Apalagi untuk tari-tarian modern, kreasinya selalu berubah-ubah dari tahun ke tahun," kata Widodo.

Ia berencana akan mengundang lebih banyak peserta baik dari dalam maupun luar negeri di tahun depan. "Tahun depan kita target 10 negara. masing-masing dari dalam dan luar negeri, nanti kan pasti seru," ucapnya.

Selain itu, dirinya juga berencana agar tahun depan acara ini dikemas sedikit berbeda dari biasanya. "Tahun depan, saya ingin menampilkan seni teater tapi lokasinya outdoor," ujarnya.
 
Melalui agenda tahunan ini, Widodo berharap ada kemanfaatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat Surabaya. Pertama, perlu adanya transfer knowledge dalam hal kreasi kesenian.

"Dengan seniman luar yang punya inovasi bagus dalam seni datang ke sini, kita bisa dapat referensi. Sanggar-sanggar tari juga mendapatkan transfer kreasi seni," ucap dia.

Acara yang digelar kali ke-13 ini direspons positif oleh salah satu peserta dari Prancis, Henry (24). Meski baru pertama kali mengikuti acara ini dan baru menginjakkan kaki di Surabaya, ia mengaku kagum dengan Kota Pahlawan karena bersedia untuk membuka akses kepada warga luar.

"Ini sungguh luar biasa. Saya bisa menonton beraneka macam keberagaman dari negara-negara Eropa dan Asia. Saya tak akan menyia-nyiakan momen langka seperti ini," ujar Henry.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KBRI Tokyo Tindaklanjuti Laporan Hilangnya WNI Bernama Yosia

Posted: 16 Jul 2017 09:01 PM PDT

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo telah menerima laporan mengenai hilangnya seorang WNI bernama Yosia Trifosa Siregar. Perempuan tersebut hilang sejak awal Juli lalu.

Duta Besar RI untuk Jepang, Arifin Tasrif menyebut laporan diterima akhir pekan lalu. Ia memastikan perwakilan Indonesia di Negeri Matahari Terbit telah melakukan tindakan demi membantu mencari Yosia.

"Sudah ada (laporan orang hilang) dilaporkan Sabtu lalu dan sedang ditindak lanjuti," sebut Arifin lewat pesan singkatnya kepada Liputan6.com.

Kabar hilangnya Yosia disampaikan pemilik akun Instagram @dorashinta. Wanita tersebut mengaku sebagai kakak Yosia.

Dalam unggahannya di Instagram, akun @dorashinta turut serta memuat gambar sang adik. Tak ketinggalan, ia menuliskan keterangan missing person.

"Adik kandungku @ochitrifosa lost contact dengan kita sekeluarga dan semua temannya sejak 6 Juli 2017," demikian keterangan pemilik akun @dorashinta seperti Liputan6.com kutip pada Senin (17/7/2017).

Ia menjelaskan, Yosia seharusnya kembali ke Jakarta pada 6 Juli 2017 pukul 23.00 waktu setempat. Namun, sang adik tiba-tiba hilang kontak dan tak kunjung menampakkan diri di bandar udara.

"Dia enggak check in ke pesawat Air Asia-nya. Padahal dia sudah janjian akan cari kos-kosan sesampainya di Indonesia dengan temannya @andinouss," ia menambahkan.

"Kita baru sadar sekarang karena papa yang biasanya video call sama dia tiap minggu minimal 1x, tapi sejak papa birthday atau aku birthday dia even gak ngucapin lewat Line," paparnya.

Sang kakak semakin yakin adiknya hilang setelah mereka memeriksa ke sekolah, maskapai Air Asia, kos tempatnya tinggal di Jepang, dan teman-temannya.

"Kita minta bantu doa dan minta tolong kesediaan teman-teman untuk broadcast posting ini dan direct message picture ini ke teman atau sahabat kalian yang tinggal dan warga negara Jepang," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Miskomunikasi Bos Telegram dan Menkominfo Jadi Sorotan

Posted: 16 Jul 2017 09:01 PM PDT

Artikel tentang bos Telegram yang mengakui ada miskomunikasi dengan Menkominfo ternyata mampu menyedot perhatian pembaca dan menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Minggu (16/7/2017).

Adapun dua artikel lain yang tak kalah populer adalah soal smartphone Galaxy C7 (2017) yang akan memiliki kamera ganda dan praktisi IT yang mendukung pemblokiran aplikasi Telegram di Indonesia.

Selengkapnya, simak tiga berita terpopuler Tekno Liputan6.com berikut ini:

1. Bos Telegram Akui Ada Miskomunikasi dengan Menkominfo

Pendiri sekaligus CEO Telegram Pavel Durov yang sebelumnya mengaku bingung karena tidak ada pemberitahuan terkait pemblokiran Telegram di Indonesia kembali buka suara.

Dalam pernyataannya, ia mengakui ada miskomunikasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia. Kali ini ia tak berkicau di Twitter, melainkan melontarkan pernyataan di kanal Telegram miliknya yakni Durov's Channel.

Ia mengaku sedih mendengar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memblokir Telegram di Indonesia. Namun ia juga menyebut sebenarnya pemerintah Indonesia sudah menghubungi Telegram untuk melaporkan konten terorisme.

Selengkapnya baca di sini

2. Galaxy C7 (2017) Bakal Punya Kamera Ganda?

Galaxy Note 8 bukan satu-satunya smartphone Samsung yang akan memiliki dual kamera. Smartphone lainnya adalah Galaxy C7 (2017), yang diperkirakan segera meluncur di pasar.

Dilansir GSM Arena, Minggu (16/7/2017), pembocor asal Tiongkok dengan akun @mmddj_china di Twitter, mengumbar sedikit informasi tentang Galaxy C7 (2017). "Smartphone dual kamera keempat Samsung, Samsung Galaxy C7 2017 akan segera selesai diuji coba dan akan mulai dijual," kicaunya di Twitter.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Samsung tentang smartphone pertamanya yang akan memiliki dual kamera. Perusahaan pun belum pernah menyinggung soal Galaxy C7 (2017).

Selengkapnya baca di sini

3. Praktisi IT Dukung Pemblokiran Aplikasi Telegram di Indonesia

Rencana pemerintah untuk memblokir aplikasi Telegram di Indonesia didukung oleh iCIO Community. Bagi komunitas petinggi IT perusahaan-perusahaan seluruh Indonesia itu, masih banyak aplikasi chat yang mampu mendukung performa mereka.

"Masa sih? Ya kalaupun memang begitu keputusannya, tidak masalah. Di dunia ini kan masih banyak description, masih banyak pilihan lain," kata Irvan Yasni, Chief Technology Officer Sinar Mas Land, saat ditemui di iCIO halalbihalal di BSD City, Jumat (14/7/2017) malam.

Menurutnya, bila aplikasi Telegram memang dimatikan, masih banyak teknologi lain yang menunjang komunikasi, sehingga hal ini tidak perlu dijadikan sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerapan National Payment Gateway Genjot Transaksi Elektronik

Posted: 16 Jul 2017 09:00 PM PDT

Aturan mengenai pelaksanaan National Payment Gateway (NPG) telah dikeluarkan Bank Indonesia. Aturan yang tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) ini menjadi langkah awal efisiensi dan kemudahan transaksi di Indonesia.

Mengenai hal itu, Chief Economist SKHA Institute for Global Competitiveness (SIGC) Eric Sugandi menjelaskan, NPG akan membawa dampak positif di masyarakat karena selama ini juga sudah banyak transaksi elektronik yang digunakan seperti mobile banking, internet banking dan lainnya.

"Jadi kalau misalnya kita bayar-bayar pakai kartu kredit atau beli barang, transfer uang secara online, itu seperti jalan sendiri-sendiri dan perlu ada aturannya sendiri memang. Dan saya lihat dengan adanya NPG itu merupakan sesuatu yang baik dan akan jadi pengawasan dari BI dan OJK, mereka akan masuk kesana," kata Eric kepada wartawan, Senin (17/7/2017).

Nantinya, dikatakan Eric, dengan adanya NPG, keamanan konsumen dalam bertransaksi akan terjamin dan akan mendorong transaksi elektronik.

Hanya saja, lanjutnya, memang butuh waktu untuk memaksimalkan NPG dan pelaksanaannya harus diawasi dengan baik. Terlebih lagi, edukasi ke masyarakat harus digalakkan agar bisa menjangkau masyarakat yang di desa. Eric menilai, di sana peran OJK harus maksimal.

"BI dan OJK bisa adakan acara di kota-kota untuk sosialisasi, akan tetapi buat masyarakat menengah ke bawah pun mereka akan mengikuti karena bangsa kita itu lumayan cukup cepat mengikuti perkembangan teknologi," imbuhnya.

Senada dengan Eric, Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta optimistis bahwa dengan terlaksananya NPG ini, akan membawa masyarakat ke kegiatan payment yang lebih efisien karena tidak akan tergantung lagi dengan perusahaan asing sebagai broker.

"Sehingga perkembangan e-money dan lainnya ke depan akan lebih menguntungkan perekonomian domestik. Maka itu, kesiapan infrastrukturnya harus maksimal untuk mendapatkan trust dari masyarakat," ungkap Rangga.

Ia juga setuju bahwa edukasi ke masyarakat desa tentang pelaksanaan NPG menjadi penting lantaran masyarakat yang berada di pedesaan masih banyak yang belum paham betul mengenai perbankan. Akses perbankan juga harus mudah agar setiap pelosok bisa menjangkau. (Yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pesan Moral Yang Bisa Diambil dari Film Spider-Man: Homecoming

Posted: 16 Jul 2017 09:00 PM PDT

Pemeran Peter Parker yang kini dalam film Spider-Man: Homecoming berhasil diperankan oleh Tom Holland. Film produksi Marvel Studios yang disutradarai oleh Jon Watts ini menyuguhkan cerita yang lain dari film Spider-Man sebelumnya.

Film superhero yang cukup lama dinanti akhirnya tayang di bioskop Indonesia pada 5 Juli 2017. Bagi kalian yang sudah menonton apakah sadar bahwa dalam film Spider-Man: Homecoming ini ada beberapa nilai positif yang bisa kita petik dari film tersebut, apa saja itu?

Berikut ini 3 pesan moral yang bisa diambil dari film Spider-Man: Homecoming:

1. Kerja Sama Tim
Ada adegan dimana Tom Holland as a Spider-Man tak bisa bekerja sendirian dalam menumpas kejahatan atau masalah yang sedang dihadapinya untuk menyelamatkan orang banyak, di film ini berbeda dari sebelumnya karena ada yang menarik, yakni keterlibatan iron man (Tony Stark) dan teman sekolah Peter Parker, Ned yang diperankan oleh Jacob Batalon dalam membantu Spider-Man. Kerja sama tim yang sangat bagus dan dapat ditiru dalam menyelesaikan suatu misi atau pekerjaan apapun kerja tim memang bisa lebih cepat diselesaikan.

2. Jiwa Superhero dari Hati
Nah, dari film Spider-Man: Homecoming pun di salah satu bagian scene yang bisa kita telaah dan jadi pesan moral yang baik. Jiwa superhero dari hati, disini maksudnya seorang superhero itu tidak melulu harus dilihat dari senjata/baju dan hal embel-embel lainnya yang diperlukan dan yang terpenting harus ditunjukkan kepada dunia superhero itu bisa menyelesaikan dan menyelamatkan dunia dimulai dari niatnya, hatinya, dan tindakan juga sikapnya.

3. Kesabaran dan Keikhlasan Berbuah Manis
Sering ya mendengar kalau sabar itu disayang Tuhan atau pahit dulu awalnya manis di akhir? Yap, di film Spider-Man: Homecoming pun ada bagian scene yang mengajarkan kita betapa pentingnya mengakui kesalahan, meminta maaf, mengucapkan terima kasih, do something yang lebih baik dan menebus kesalahan dengan cara yang lebih baik, salah satunya bersabar dan ikhlas dalam menghadapi apapun jika memang ingin menjadi superhero yang sesungguhnya.
Bikin penasaran bukan adegan apa saja itu yang bisa memperlihatkan/menggambarkan ketiga pesan moral di atas?

Di film ini, Peter Parker, yang telah menjelma sebagai Spider-Man, memang selalu melakukan tugasnya sebagai pahlawan super usai kejadian di Captain America: Civil War. Ia berada di bawah pengawasan Tony Stark alias Iron Man sambil menjalani aktivitasnya sebagai seorang pelajar. Namun, ia sangat terobsesi untuk bisa menjadi anggota Avengers dan melakukan segala cara agar bisa diakui sebagai superhero.

Mampukah Peter Parker menjadi anggota Avengers? Mampukah kamu merasakan dan menangkap ketiga pesan moral yang telah dijabarkan? Jawabannya ialah kamu harus nonton film Spider-Man: Homecoming di bioskop-bioskop kesayanganmu dan jangan lupa untuk mengabadikan momen nobarmu bareng group selfiemu pakai OPPO F3.

Selamat bagi kamu pengguna OPPO F3! Kamu punya kesempatan besar banget, lho, untuk mendapatkan Spider-Man: Homecoming Limited Collection Pack! 

Selamat bagi kamu pengguna OPPO F3! Kamu punya kesempatan besar banget, lho, untuk mendapatkan Spider-Man: Homecoming Limited Collection Pack, cari tahu di sini!


(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Roma Resmi Rekrut Wonderkid Turki

Posted: 16 Jul 2017 09:00 PM PDT

AS Roma telah mengumumkan kehadiran Cengiz Under dari Basaksehir pada Minggu (16/7/2017). Pemain internasional Turki itu ditebus dengan harga 13,4 juta euro.

Bersama AS Roma, pemain berusia 20 tahun itu menandatangani kontrak hingga lima musim. Ia menjadi pemain baru kelima klub raksasa Italia itu pada musim panas ini.

"Saya gembira berada di sini dan sangat bersemangat untuk bertemu fans," ujar Cengiz usai penandatanganan kontrak seperti dilansir laman resmi AS Roma.

"Tujuan saya adalah untuk bisa bermain di tim utama secepat mungkin," katanya menambahkan.

Menariknya, AS Roma masih harus membayar 1,5 juta euro lagi jika Cengis memenuhi target bermain musim depan. "Kami sangat senang dengan kedatangan Cengiz, pemain dengan teknik dan kemampuan yang bagus," ujar Direktur AS Roma, Monchi antusias.

"Kami percaya bahwa dia akan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya dan kualitas serta bakatnya akan menjadi tambahan yang berharga bagi skuat kami," ujarnya menambahkan.

Sebelum Cengiz, AS Roma telah lebih dulu mendatangkan empat pemain baru. Yakni Hector Moreno, Rick Karsdorp, Lorenzo Pellegrini dan Maxime Ganalons musim panas ini. Sementara Mohamed Salah, Antonio Rudiger dan Leandro Paredes telah hengkang dari klub. (Nabila Muniva)

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Unsoed Kembangkan Tablet Pengawet Alami Nira Kelapa

Posted: 16 Jul 2017 09:00 PM PDT

Gula kelapa merupakan produk agroindustri kelapa yang terbuat dari sadapan nira yang dipanaskan untuk mengurangi kadar air. Gula kelapa kaya akan mineral seperti seng, kalium, dan magnesium serta vitamin dan asam amino lain. Tentu saja gula kelapa lebih kaya dibandingkan pemanis lain, seperti sirup maple, madu, atau gula pasir yang tidak memiliki dasar mineral.

Selain itu, menurut The Philippine Food and Nutrition Research Institute gula kelapa memiliki indeks glikemik sebesar 35 sehingga lebih aman terhadap kesehatan dibandingkan gula pasir yang memiliki indeks glikemik sebesar 64.

Beragam makanan seperti minuman dawet, es campur, dodol, getuk dan kuliner lainnya merupakan kuliner yang membutuhkan gula sebagai bahan utama maupun tambahan. Harga gula yang dapat dikatakan murah, banyak oknum pembuat gula yang ingin mendapatkan keuntungan lebih dengan menambahkan bahan kimia sebagai pengawet guna hasil yang instan dan harga yang lebih murah.

Nira sebagai bahan utama dalam pembuatan gula merupakan bahan yang mudah mengalami perubahan fermentatif akibat aktivitas mikroorganisme selama penyadapan. Nira yang telah terkontaminasi oleh mikroorganisme akan mengalami proses fermentasi, sehingga sukrosa yang terdapat di dalam nira akan berubah menjadi alkohol dan selanjutnya berubah menjadi asam asetat. Bahan kimia yang biasa ditambahkan sebagai pengawet nira kelapa seperti natrium bisulfit, natrium metabisulfit, serta natrium benzoat.

Penggunaan bahan kimia untuk mengawetkan nira selama proses penyadapan secara berlebihan dapat menurunkan kualitas gula. Efek yang paling umum terjadi akibat penggunaan pengawet secara berlebihan adalah timbulnya rasa yang tidak enak. Selain mempengaruhi rasa dapat menginduksi terjadinya asma, menyebabkan timbulnya rasa panas dan gangguan pada bagian abdomen, serta dapat merusak thiamin dalam tubuh.

Badan POM RI (2012), juga menyatakan paparan jangka pendek dapat menyebabkan iritasi, reaksi alergi, gatal, bersin, asma, jika tertelan menyebabkan muntah, gangguan pencernaan, kesulitan bernafas, bersin, asma, gejala seperti orang mabuk sedangkan pada paparan jangka panjang dapat mengakibatkan sesak pada paru (kongesti).

Dengan latar belakang tersebut 5 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Jenderal Soerdiman terdiri dari Kiki Faysh Fauzy, Eviyana mahasiswi Farmasi, Vivi Santoso Mahasisw, Durrotun Ekha An Nuur mahasiswi Biologi dan Hernandia Nurzaman mahasiswa Keperawatan membuat tablet effervescent sebagai fermentation inhibitor (pengawet alami) yang efektif, praktis, dan higienis sebagai solusi untuk mencegah terjadinya proses fermentasi yang dapat merusak gula kelapa.

Kiki Faysh Fauzy menyatakan pengawet alami Tablet Effervescent telah terbukti memiliki aktivitas menghambat perkembangan mikroorganisme, pengujian telah dilakukan pada gula kelapa di desa Candinata, Kecamatan Kutasari, Purbalingga.

Selain itu Durrotun Ekha An Nuur menyatakan bahwa pengawet alami Tablet Effervescent dengan dosen pembimbing Dr. Purwanto,SP., MSc ini didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) akan segera di patenkan.

Penulis:

Kiki F

*Yuk tonton video menarik berikut ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendadak Tenar, Nenek Penjual Kimchi ini Jadi Bintang Iklan di Korsel

Posted: 16 Jul 2017 09:00 PM PDT

Park Mak-rye menunjukkan foto dirinya semasa di Yongin, Korea Selatan, 11 Juli 2017. Mak-rye bisa jadi merupakan YouTuber tertua di dunia lantaran sangat aktif mengunggah berbagai video dengan konten menarik di channel YouTube-nya. (AP/Lee Jin-man)

Park Mak-rye menunjukkan foto dirinya semasa di Yongin, Korea Selatan, 11 Juli 2017. Mak-rye bisa jadi merupakan YouTuber tertua di dunia lantaran sangat aktif mengunggah berbagai video dengan konten menarik di channel YouTube-nya. (AP/Lee Jin-man)

Park Mak-rye dibantu cucunya, Kim Yura, membuat tutorial make up untuk saluran YouTube-nya di Yongin, Korsel, 11 Juli 2017. Nenek 70 tahun ini memiliki ratusan ribu subscriber lewat saluran Youtube-nya yang diberi nama

Park Mak-rye dibantu cucunya, Kim Yura, membuat tutorial make up untuk saluran YouTube-nya di Yongin, Korsel, 11 Juli 2017. Nenek 70 tahun ini memiliki ratusan ribu subscriber lewat saluran Youtube-nya yang diberi nama

Foto pada 11 Juli 2017 memperlihatkan Park Mak-rye berpose untuk saluran YouTube-nya di Yongin, Korea Selatan. Ada 277 ribu orang yang berlangganan saluran

Foto pada 11 Juli 2017 memperlihatkan Park Mak-rye berpose untuk saluran YouTube-nya di Yongin, Korea Selatan. Ada 277 ribu orang yang berlangganan saluran

Layar monitor memperlihatkan saluran YouTube milik Park Mak-rye, di Seoul, Korea Selatan, 11 Juli 2017. Berkat kepopulerannya, nenek 70 tahun itu ditawari untuk menjadi bintang iklan dua perusahaan besar Korsel, yakni Samsung dan Lotte. (AP/Lee Jin-man)

Layar monitor memperlihatkan saluran YouTube milik Park Mak-rye, di Seoul, Korea Selatan, 11 Juli 2017. Berkat kepopulerannya, nenek 70 tahun itu ditawari untuk menjadi bintang iklan dua perusahaan besar Korsel, yakni Samsung dan Lotte. (AP/Lee Jin-man)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkap Sayang di Medsos, Yama Carlos dan Istri Batal Cerai?

Posted: 16 Jul 2017 09:00 PM PDT

Baru-baru ini rumah tangga Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri dikabarkan tengah goyah. Arfita atau yang akrab disapa Fita, sempat mengutarakan keinginannya untuk bercerai dari Yama.

Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri

Padahal saat ini usia pernikahan mereka baru menginjak bulan ketujuh. Keduanya pun baru dikaruniai seorang anak laki-laki pada bulan April 2017 lalu yang diberi nama Marco Armanda Blessio Carlos.

Belum sempat gugatan cerai itu didaftarkan, Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri kini justru terlihat kembali mesra. Hal itu dibuktikan lewat unggahan Yama di Instagram pribadinya, Minggu (16/7/2017).

Pria bernama asli Hamba Ramanda itu mengunggah sebuah postingan berisi ucapan selamat ulang tahun untuk sang istri tercinta. "Selamat Ulang Tahun Istriku. Semoga diusiamu yg baru ini engkau selalu diberi kesehatan n kekuatan oleh Tuhan," katanya.

Yama Carlos ucapkan selamat ulang tahun untuk sang istri.

Selayaknya seorang suami, Yama Carlos pun menyampaikan doa dan harapannya untuk Fita. Di ujung pesannya, bintang film Pasukan Garuda itu bahkan menyelipkan kalimat romantis untuk wanita yang sangat dicintainya itu.

"Dg Kuasa Urapannya yg Kudus agar engkau semakin menjadi Istri yg baik n Ibu yg baik untuk anak kita Marco... Aku yg sangat mengasihi n menyayangimu...Aku sayang kamu," sambungnya.

Yama Carlos bersama Arfita Dwi dan anak mereka, Marco.

Tak disangka, Arfita Dwi Putri menjawab ucapan Yama Carlos itu dengan kalimat manis. "Terimakasih baba," jawab Fita sambil membubuhkan emoticon bentuk hati di belakangnya.

Mungkinkah ini pertanda kalau rumah tangga Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri sudah membaik?

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Anak Banyak Rezeki, Sudah Tak Berlaku Lagi

Posted: 16 Jul 2017 09:00 PM PDT

Ungkapan banyak anak banyak rezeki sudah tidak pas lagi di zaman sekarang. Yang Indonesia butuhkan saat ini bukan kuantitas manusia, melainkan kualitas manusia. Tentunya, manusia berkualitas akan menyokong perkembangan bangsa ke arah yang lebih baik. 

"Zaman sekarang, yang diperlukan adalah manusia 'berotak'. Buat apa punya banyak anak tapi tidak berkualitas," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty, di sela-sela acara Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) 2017di Bandar Lampung, Lampung pada Jumat (14/7/2017).

Lebih lanjut Surya menegaskan rezeki itu dicari dengan giat bekerja, bukan dengan memiliki banyak anak lantas kemudian rezeki datang.

Peran orangtua sangat vital dalam membangun anak menjadi sosok berkualitas. Dengan cukup memiliki dua anak, orangtua bisa fokus mendidik anak agar memiliki intelektual dan karakter yang baik.

Bila jumlah penduduk banyak tapi tidak berkualitas, yang ditakutkan kemudian malah menjadi kuli di negara sendiri. Dengan memiliki anak-anak yang berkualitas justru bisa menjadi mandiri di negerinya sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Beragam Manfaat Mengonsumsi Buah Mangga

Posted: 16 Jul 2017 09:00 PM PDT

Matahari pada siang hari terasa sangat terik dan panas, karena itu, mengonsumsi buah yang kaya serat dan air tampaknya sangat menyegarkan. Buah semangka, melon, maupun mangga menjadi pilihan yang tepat. Buah Mangga yang kaya serat dan air ini memang menjadi salah satu buah yang paling banyak diminati.

Seperti dilansir dari Thecrazyfacts.com, Senin (17/7/2017) selain menyegarkan dan menyehatkan tubuh, buah mangga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat dari mengonsumsi mangga ini juga dapat mengurangi beberapa penyakit.

1. Mengurangi Kadar Kolesterol
Vitamin C yang tinggi dan kaya serat terdapat di dalam buah mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh Anda. Buah segar ini merupakan buah yang kaya kalium. Kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyeimbangkan sel cairan tubuh yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

2. Pencegah Kanker
Penelitian mengenai buah mangga ini juga telah membuktikan bahwa dapat mencegah penyakit kanker. Terdapat antioksidan seperti astragalin, asam gallic, quercetin, methylgallat dan isoquercitrin yang dapat membantu menghambat tumbuhnya segala jenis kanker pada tubuh.

3. Membakar Kalori
Fakta unik mengenai buah mangga, adalah membakar lemak pada tubuh Anda. Buah yang kaya serat ini, membantu melancarkan pencernaan Anda. Serta membantu menjaga sistem pencernaan, dan terpenuhinya vitamin.

4. Menyehatkan Kulit Wajah
Selain disantap, buah mangga dapat Anda gunakan sebagai masker wajah. Manfaatnya untuk wajah adalah menyegarkan, dan membantu memperbaiki pori-pori pada wajah. Solusi yang tepat untuk mengurangi jerawat, pada wajah Anda. Masker buah mangga ini juga, dapat digunakan di segala jenis kulit.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah mangga yang kaya akan serat juga kaya akan vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ternyata terdapat 25 jenis vitamin yang terdapat di dalam buah mangga. Hal inilah yang membuat buah mangga, menjadi buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. 

6. Menyehatkan Mata
Bukan hanya wortel saja yang bermanfaat baik untuk kesehatan mata, tapi juga buah mangga. Vitamin A yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu menjauhkan penyakit mata, seperti rabun jauh dan iritasi pada mata. Bila Anda bosan dengan wortel, segeralah beralih ke buah mangga.

7. Tinggi Zat Besi
Tidak berhenti sampai menyehatkan mata, manfaat selanjutnya dari buah mangga adalah memiliki zat besi yang tinggi. Bagi Anda yang mengidap penyakit Anemia, cobalah mengonsumsi buah mangga. Selain itu juga, zat besi baik untuk wanita menopause dan wanita hamil.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunadarma Kantongi 3 Nama Terduga Pelaku Bullying

Posted: 16 Jul 2017 08:58 PM PDT

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunadarma Irwan Bastian menyatakan, pihaknya sudah mengantongi beberapa nama terduga pelaku bullying terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus atau autis.

"Kami bakal memeriksa tiga orang terduga pelaku," ucap dia, Senin (17/7/2017).

Irwan mengaku pihaknya telah bertemu dengan korban dan terduga pelaku guna mengumpulkan data dan fakta. Alhasil diketahui terduga pelaku merupakan teman sekelas dan satu angkatan korban.

"Mereka sama-sama angkatan 2016. Ada yang di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi," ujar dia.

Nantinya, apabila terbukti bersalah para pelaku akan dikenakan sanksi tegas. "Hasil penyelidikan, para pelaku itu bersalah tentu akan ada sanksi yang harus diterima," ungkap dia.

Media sosial dihebohkan dengan video yang memperlihatkan mahasiswa berkebutuhan khusus atau autis tengah menjadi korban bullying atau perundungan dari sejumlah mahasiswa. Peristiwa diduga terjadi di Kampus Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat.

Video yang diunggah pada Sabtu 15 Juli 2017 malam tersebut, memperlihatkan seorang mahasiswa berkebutuhan khusus yang mengenakan jaket abu-abu. Dia dikelilingi tiga pemuda yang juga diduga adalah mahasiswa.

Satu orang pelaku terlihat menarik tas ransel korban sehingga dia tak bisa melangkah. Apalagi dua pelaku lainnya juga berdiri di depan korban.

Korban sempat mengibaskan tangannya untuk menghentikan aksi pelaku yang menarik tasnya. Dia akhirnya memang terbebas dari aksi perundungan itu. Namun kekesalan tak bisa disimpannya. Korban bullying kemudian melemparkan tempat sampah kepada para pelaku.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi China Tumbuh 6,9 Persen pada Kuartal II

Posted: 16 Jul 2017 08:45 PM PDT

Ekonomi China tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal II 2017. Pertumbuhan ekonomi China didorong hasil produksi industri dan investasi masih kuat.

Ekonomi China tumbuh 6,9 persen pada kuartal II 2017. Angka itu sama dengan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2017. Hal itu seperti diumumkan Biro Statistik Nasional China pada awal pekan ini. Hasil pertumbuhan ekonomi China ini juga lebih tinggi dari survei analis oleh Reuters di kisaran 6,8 persen pada periode April-Juni 2017.

Pertumbuhan ekonomi China ini melebihi harapan pasar. Ekspor pulih dan konstruksi properti bangkit menjadi pendorong ekonomi China. Pertumbuhan ekonomi China ini di tengah prediksi analis kalau ekonomi China akan melambat seiring harga rumah dan pertumbuhan utang.

"Secara keseluruhan, ekonomi terus melanjutkan kemajuan pada semester I. Namun ketidakstabilan global dan ketidakpastian masih besar. Selain itu dari domestik ada ketidakseimbangan struktural juga tetap ada dalam jangka panjang," tulis biro statistik dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari laman Reuters, Senin (17/7/2017).

Pemerintah China menargetkan pertumbuhan ekonomi 6,5 persen pada 2017. Angka ini lebih rendah dari tahun lalu sekitar 6,7 persen, dan terendah dalam 26 tahun. Sedangkan analis perkirakan, pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,6 persen pada 2017.

Adapun data ekonomi lainnya yaitu pertumbuhan hasil pabrik di China mencapai 7,6 persen pada Juni 2017. Ini paling cepat dalam tiga bulan. Sementara itu, aset investasi tetap naik 8,6 persen selama enam bulan pertama 2017.

Penjualan ritel naik 11 persen pada Juni 2017, dan tercepat sejak Desember 2015. Bahkan angka ini mengalahkan prediksi pasar sekitar 10,6 persen.

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Rossi Jadi Pembalap Tersukses Yamaha

Posted: 16 Jul 2017 08:45 PM PDT

Pembalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, merupakan pembalap tersukses dalam sejarah tim Yamaha. Sebanyak 56 kemenangan di ajang MotoGP berhasil dicetak Rossi untuk pabrikan asal Jepang.

Terakhir, Rossi mencetak kemenangan di Sirkuit Assen, Belanda. Itu merupakan podium pertama ke-10 selama dia tampil di Negeri Kincir Angin tersebut. Dia lantas menggarisbawahi namanya sebagai pembalap ke-501 yang mampu menyumbangkan kemenangan untuk tim Yamaha di ajang grand prix balap motor.

Kemenangan 501 Yamaha terbagi di lima kelas berbeda, yakni 125cc (47 kemenangan), 250cc (165 kemenangan), 350cc (63 menang), 500cc (120 kemenangan) dan MotoGP (106 menang). Ada tiga sirkuit yang menjadi langganan menang tim Garpu Tala, yakni Assen (37), Brno (32 kali), dan Salzburgring (20).

Kemungkinan catatan itu akan terus diperbaiki mengingat The Doctor akan bertahan bersama Yamaha setidaknya hingga akhir musim MotoGP 2018. Legenda balap motor Italia, Giacomo Agostini menuturkan keberhasilan Yamaha mencetak kemenangan ke-501 merupakan hasil dari kerja keras dan tekad untuk selalu berinovasi dalam pengembangan mesin.



"Saya memiliki kenangan indah tentang tahun-tahun saya bersama Yamaha. Ketika saya meninggalkan MV Agusta dan Italia pada 1974. Saya khawatir, tapi setelah melakukan perjalanan ke Jepang, di mana saya bertemu dengan para manajer dan insinyur, saya menyadari bahwa saya telah menemukan keluarga baru," kenang Agostini seperti dikutip dari Speedweek, Senin (17/7/2017).

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengkhawatirkan kecepatan Ducati pada MotoGP Jerman yang akan berlangsung Minggu (2/7/2017). (EPA/Filip Singer)

"Kami menyiapkan motor untuk Daytona 200 Miles dan saya memenangkan debut saya dan mencetak dua gelar dengan Yamaha. Saya sangat bangga bahwa saya adalah pembalap pertama yang memberi mereka gelar di kelas kerajaan. 501 menang adalah hasil kerja keras, teknologi dan tekad yang hebat. Jangan pernah lupa: Anda di sini untuk menang," pesan Agostini.

Pembalap Tersukses Yamaha

Valentino Rossi: 56 Kemenangan
Jorge Lorenzo: 44 Kemenangan
Phil Read: 39 kemenangan
Eddie Lawson: 26 kemenangan
Wayne Rainey: 24 kemenangan
Kenny Roberts Sr: 24 kemenangan
Carlos Lavado: 19 kemenangan
Luca Cadalora: 13 Kemenangan
Giacomo Agostini: 12 menang

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot Sepakat dengan Ahok soal Nama Jalan Layang Semanggi

Posted: 16 Jul 2017 08:44 PM PDT

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini tengah berunding terkait nama jalan layang Semanggi yang rencananya akan diresmikan pada 17 Agustus mendatang.

Dari dua opsi nama, yakni Simpang Susun Semanggi dan Simpang Baja Semanggi, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku lebih setuju dengan usulan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menamakan proyek itu Simpang Susun Semanggi.

"Saya pribadi ingin sesuai dengan ide awal Pak Ahok, artinya tetap Simpang Susun Semanggi. Keputusan ini kan keputusan Pemprov, makanya diajukan dalam rapat pimpinan," kata Djarot, di Balai Kota Jakarta, Senin (17/7/2017).

Djarot menegaskan, kata "Semanggi" harus ada di jalan layang tersebut. Sebab hal itu adalah pemberian Bung Karno. "Kata Semanggi harus ada," tegas mantan Wali Kota Blitar ini.

Selain itu, Djarot mengatakan, jalan layang Semanggi tersebut dapat mengurai kemacetan di Jakarta. Hanya saja, hasilnya tidak dapat dinikmati dalam waktu dekat.

"Simpang semanggi empat ini tidak mampu menampung kepadatan arus lalu lintas. Apakah hasilnya bisa kita nikmati dalam waktu dekat? Tentu saja belum bisa, harus berproses. Itu akan dinikmati betul, paling tidak ketika pembangunan MRT sudah selesai," ucap Djarot.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia Para Bintang Film Aladdin Versi Live Action

Posted: 16 Jul 2017 08:40 PM PDT

Setelah lama dinanti-nanti, akhirnya Disney mengumumkan para bintang film Aladdin versi live action. Versi daur ulang dari film animasi klasik tahun 1992 ini ternyata memasang nama-nama yang relatif masih hijau di Hollywood sebagai Aladdin dan Putri Jasmine.

Dilansir dari E! News, Senin (17/7/2017), yang akan memerankan Aladdin adalah aktor asal Kanada, Mena Massoud. Ia terjun ke dunia akting sejak 2011, diawali dengan sejumlah peran kecil di serial TV seperti Nikita dan Saving Hope. Kini ia sedang terlibat dalam serial produksi Amazon bertajuk Jack Ryan.

Mena Massoud, pemeran Aladdin live action (Sumber: Disney; George Pimentel/Getty Images/E! News)

Massoud lantas berbagi rasa bahagianya via akun media sosial pribadinya. "Merasa sangat terhormat dan bersyukur dengan kesempatan untuk sekali lagi membantu menghidupkan kisah magis ini ke atas layar. Ayo bekerja! #Aladdin #Disney," cuit Massoud lewat akun Twitter miliknya, @MenaMassoud.

Sementara pemain Putri Jasmine relatif lebih dikenal oleh para pencinta sinema, karena baru-baru ini ia muncul sebagai Ranger Pink dalam film Power Rangers, Naomi Scott. Sebelum Power Rangers, Naomi sebelumnya lebih banyak bermain dalam sejumlah serial televisi dan film pendek.

Ada pun yang menggantikan Robin Williams sebagai Genie, ternyata sesuai dengan rumor yang sempat beredar. Will Smith akan dipasang sebagai jin berkekuatan ajaib tersebut.

Kabar ini disampaikan dalam konvensi para penggemar Disney di Anaheim, California, Amerika Serikat, yang berlokasi dekat dengan Disneyland. Foto yang menampilkan ketiga aktor ini ditampilkan dalam acara tersebut. Para penggemar disebutkan bersorak riuh, terutama saat foto Will Smith ditampilkan di layar.

Informasi mengenai para bintang Aladdin ini akhirnya membuat ketidakpastian mengenai film ini sirna. Sebelumnya, dilaporkan bahwa pihak studio mengalami kesulitan dalam mencari bintang utama film ini.

Pihak studio dikabarkan mencari aktor berwajah Timur Tengah atau India yang mampu menyanyi dan menari untuk memerankan karakter Aladdin. Dev Patel, aktor Slumdog Millionaire dan Life of Pi, kabarnya sempat dipertimbangkan untuk berperan sebagai Aladdin.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Eks Sekjen Kemendagri soal Kasus E-KTP

Posted: 16 Jul 2017 08:39 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami aliran dana kasus KTP elektronik atau e-KTP kepada sejumlah pihak. Setelah sepekan gencar memanggil pejabat negara, penyidik kali ini memanggil mantan Sekjen Kemendagri, Diah Anggraini.

"Benar, yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AA (Andi Narogong)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Diah Anggraini mengaku menerima uang dari terdakwa kasus e-KTP Irman dan pengusaha rekanan Kementerian Dalam Negeri, Andi Agustinus alias Andi Narogong. Dia menyebut menerima uang US$ 300 ribu dari Irman, sedangkan dari Andi US$ 200 ribu.

Pada kesaksiannya di depan majelis hakim Pengadilan Tipikor, Diah mengaku menerima uang tersebut karena diancam oleh Irman. Diah juga menyampaikan kepada majelis hakim kasus e-KTP, uang yang dia terima sudah dia kembalikan kepada KPK.

Selain itu, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Air Merah di Rumah Warga Bandung

Posted: 16 Jul 2017 08:31 PM PDT

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memastikan berubahnya warna air menjadi merah di beberapa rumah di Gang Hidayah RT 01/RW 06 Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astananyar, bukan kesalahan dari PDAM Tirtawening.

"Itu bukan masalah di PDAM. Kalau PDAM-nya bocor, yang rusaknya itu 500 rumah. Itu cuman tiga rumah, tiga rumah juga ngaclok-ngaclok," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Minggu, 16 Juli 2017, dilansir Antara.

Pria yang akrab disapa Emil itu menduga, adanya unsur sabotase yang terjadi hingga membuat air di tiga rumah berubah warna. Terlebih, rumah-rumah lainnya tidak mengalami kendala apapun seperti yang dikeluhkan.

"Mungkin ada sabotase terhadap tiga rumah saja oleh siapapun saya tidak tahu tapi itu bukan permasalahan datang dari PDAM, bukan kebocoran dari PDAM," ujarnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan hingga kini, PDAM Tirtawening masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap air merah tersebut.

Saat dicek, produksi air milik PDAM di Badak Singa maupun Dago Pakar semua normal dan bening serta tidak mengeluarkan air merah. "Kualitas terpantau karena kami produksi dengan benar" ujarnya.

Selain itu, tim unit reaksi cepat (URC) pun sempat mengecek ke selokan di sekitar rumah warga. Hasilnya, kondisi selokan kering sehingga tidak ada percampuran dari saluran air kotor.

"Laporan sementara sampai sejauh ini dari Tim URC tidak ditemukan kebocoran pipa serta tidak menemukan air merah itu sumbernya dari mana," kata dia.

Kendati demikian, PDAM tetap akan menyelidiki temuan air merah tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan kejadian tersebut diakibatkan hal-hal di luar wewenang PDAM.

"Kami akan lihat tindak lanjut penyelidikan dari kepolisian seperti apa, agar ditemukan sumber masalahnya apa. Sehingga akan jelas masalahnya dan dapat segera diatasi bila memang menyangkut kegagalan pada pihak PDAM," ujarnya.

Sebelumnya, Denny Rudiana (41), seorang warga di Gang Hidayah, Kelurahan Panjunan, mengeluhkan berubahnya warna air menjadi merah yang disertai bau tidak sedap. Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 13 Juli 2017, sekitar pukul 23.00 hingga 01.00 WIB.

Merasa ada kejanggalan, ia kemudian merekamnya melalui kamera ponsel dan mengunggah ke akun Facebook miliknya. Menerima laporan, PDAM Tirtawening selaku dinas penyedia air bersih Kota Bandung, langsung merespons dan mengambil sampel untuk uji laboratorium.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI dan Uni Emirat Arab Sepakat Kembangkan Energi Baru Terbarukan

Posted: 16 Jul 2017 08:30 PM PDT

Perusahaan produsen listrik PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) pada Minggu, 16 Juli 2017, menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Masdar, perusahaan energi terbarukan yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, untuk kemitraan di proyek-proyek energi terbarukan di Indonesia.

Perjanjian yang berfokus membuka peluang kemitraan guna mewujudkan proyek-proyek energi terbarukan di Indonesia tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara dan CEO Masdar Mohamed Jameel Al Ramahi. Penandatanganan  disaksikan Menteri BUMN Rini M. Soemarno di tengah-tengah rangkaian kunjungan ke Timur Tengah.

Dengan adanya perjanjian ini, maka anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) tersebut akan bekerja sama dengan Masdar dalam mengidentifikasi peluang untuk membantu memenuhi kebutuhan energi Indonesia yang ditargetkan mencapai 23 persen penggunaan energi terbarukan pada 2025 dan 31 persen pada 2050.

Direktur Utama PJB Iwan Agung Firstantara menyambut baik peluang kolaborasi kedua perusahaan tersebut.

"Kami yakin kerja sama ini akan membawa keberhasilan bagi pengembangan dan implementasi proyek-proyek energi terbarukan di Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Senin (17/7/2017).

Dengan populasi lebih dari 250 juta orang, Indonesia adalah negara terbesar di ASEAN. Menurut penelitian International Renewable Energy Agency (IRENA), Indonesia memiliki potensi lebih dari 700 GW pembangkit listrik berbasis energi terbarukan, termasuk 532,6 GW tenaga surya.

Saat ini, PT PJB mengelola lebih dari 12 GW pembangkit listrik, mulai pembangkit listrik tenaga batu bara, gas alam, maupun tenaga air. PT PJB akan melakukan diversifikasi usaha ke pasar energi bersih untuk memenuhi target campuran energi terbarukan di Indonesia dan juga berkontribusi pada upaya mengurangi emisi karbon global.

Sementara itu, CEO Masdar Mohamed Jameel Al Ramahi mengungkapkan, pihaknya berharap dapat terus mengembangkan hubungan baik dengan PT PJB untuk membantu membuka berbagai potensi energi terbarukan di Indonesia.

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung momentum pengembangan energi terbarukan secara global," ujarnya.

Selama satu dekade terakhir, Masdar telah berinvestasi dalam berbagai proyek energi terbarukan dengan total nilai gabungan sebesar US$ 8,5 miliar. Adapun total investasi Masdar pada proyek-proyek tersebut mencapai 2,7 miliar US dollar.

Proyek-proyek energi terbarukan tersebut tersebar di berbagai wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara, Inggris, Spanyol, Seychelles dan Kepulauan Pasifik.

Masdar merupakan anak perusahaan dari Mubadala Investment Company, perusahaan investasi global asal Abu Dhabi.

Selain menghadiri penandatanganan antara PJB dan Masdar, di Abu Dhabi Menteri BUMN Rini M. Soemarno juga bertemu dengan Deputy Group CEO & Chief Executive Officer, Alternative Investments and Infrastructure Mubadala Waleed Al Mokarrab Al Muhairi, untuk menjajaki potensi kerja sama investasi di beberapa proyek infrastruktur, antara lain di sektor energi, perhubungan, dan TOD kereta cepat. (Yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inul Daratista Bantah Rumah Karaokenya Menyediakan Tari Striptis

Posted: 16 Jul 2017 08:30 PM PDT

Baru-baru ini ada kabar mengejutkan terkait Inul Daratista. Salah satu rumah karaoke milik Inul Daratista, Inul Vizta, yang berlokasi di Kediri Mall, Jalan Hayam Wuruk, Kediri, Jawa Timur, disegel dengan garis polisi.

Sebuah media online di Jawa Timur menyebutkan, telah terjadi penggerebekan oleh petugas dari Polda Jatim, Kamis pekan lalu di sana. Diberitakan empat perempuan yang diduga penari telanjang diamankan dan seorang manajer tempat hiburan itu serta beberapa saksi dibawa ke Polda Jawa Timur.

Terungkapnya kasus ini berasal dari laporan masyarakat yang masuk ke Polda Jatim, bahwa ada praktik tarian striptis di tempat karaoke itu.

Saat dikonfirmasi, pedangdut Inul Daratista membenarkan adanya penyegelan tersebut. Namun, ia membantah jika hal itu terkait adanya penari telanjang. Menurut Inul, pada saat itu polisi sedang dalam tugas menangkap pelaku kejahatan yang sudah menjadi target operasi polisi.

Kebetulan polisi menangkap sang pelaku, di salah satu ruangan di tempat karaoke miliknya. Setelah berhasil menangkap pelaku, polisi memasang garis polisi dan menutup sementara usahanya.

"Karena tamu Inul Vizta yang menjadi TO pihak kepolisian. Itu berada di tempat usaha saya, dia lagi di room dan bernyanyi. Jadi tidak betul itu ada penari telanjang. Tidak ada penari telanjang, tidak ada striptis. Di tempatku tidak menyediakan penari telanjang," kata Inul Daratista saat dihubungi Bintang.com, beberapa waktu lalu.

Di tempatku juga tidak ada minuman keras. Sebab Vizta-ku tidak menjual minuman keras. Kalaupun ditemukan minuman keras, mereka bawa sendiri," tambah Inul menegaskan.

 

 

*Artikel ini pernah dimuat Bintang.com dan ditulis oleh Dadan Eka Permana

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Utama Bek Timnas Jerman Gabung Chelsea

Posted: 16 Jul 2017 08:30 PM PDT

Antonio Rudiger mengungkapkan alasan terbesarnya untuk bergabung ke Chelsea musim panas ini. Ternyata ia ingin berkembang di bawah asuhan Antonio Conte.

Chelsea membeli Rudiger dengan harga yang tak murah. Mereka menebusnya dengan harga 34,2 juta poundsterling dari AS Roma.

Chelsea sendiri tak sendirian mengejar Rudiger. The Blues bersaing keras dengan Arsenal yang juga terpikat pada bek timnas Jerman tersebut.

"Sebenarnya Chelsea dan AS Roma tidak masalah. Keduanya adalah klub besar, meski Chelsea punya level berbeda," kata Rudiger seperti dilansir Evening Standard.

"Bagi saya yang paling penting adalah faktor manajer. Antonio Conte adalah manajer fantastis dan bisa mengembangkan pemain," ujarnya menambahkan.

Chelsea sejauh ini baru mendatangkan dua pemain. Selain Rudiger, The Blues juga sukses membeli Tiemoue Bakayoko.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

XL Pastikan Jaringan Sudah Kembali Normal

Posted: 16 Jul 2017 08:30 PM PDT

Layanan internet XL sempat dikeluhkan pengguna sedang mengalami masalah. Sejumlah pengguna pun menyuarakan keluhannya melalui Twitter ke akun layanan pelanggan XL.

Menanggapi hal tersebut, General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengakui memang sedang ada masalah pada jaringan XL kemarin. Sebabnya, ada gangguan ke arah internasional.

"Kemarin jaringan kami ke arah internasional sempat mengalami sedikit gangguan, sehingga menyebabkan sebagian pelanggan di beberapa lokasi mengalami penurunan kualitas dalam melakukan akses data," ujarnya saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Senin (17/7/2017).

Namun, wanita yang akrab dipanggil Ayu ini memastikan masalah jaringan tersebut sudah dapat diatasi. Ia juga menuturkan pihaknya akan terus memantau layanan terhadap para pelanggan XL.

"Sejak malam tadi semua jaringan sudah kembali normal, dan kami akan melakukan pemantauan lebih lanjut untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam memakai layanan kami," ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Untuk informasi, keluhan mengenai internet XL yang bermasalah sudah dikicaukan pengguna sejak Minggu, 16 Juli 2017. Adapun keluhan itu terkait akses internet XL yang begitu lambat dan dialami banyak penguna XL kemarin.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasangan Pengantin Gay Muslim Alami Ancaman Pembunuhan

Posted: 16 Jul 2017 08:30 PM PDT

Pasangan gay muslim yang membagikan foto pernikahan mereka di media sosial menerima berbagai ungkapan kebencian atas tindakan mereka.

Jahed Choudhury (24) dan Sean Rogan (19) belum lama menikmati masa bahagia mereka setelah berumah tangga. Namun, mereka telah menghadapi berbagai ancaman pembunuhan dan pelecehan. Semua bermula dari keputusan mereka berbagi kisah di media sosial tentang pernikahan mereka sebagai gay muslim.

"Saya ingin mengatakan pada semua orang bahwa saya tidak takut dan tidak malu. Anda bisa menjadi gay dan muslim sekaligus," ujar Jahed setelah mengikat simpul pernikahan di Walsall.

Mereka ingin membuka pikiran orang-orang religius tentang homoseksualitas. Mereka juga ingin menunjukkan bahwa homoseksualitas dan agama tidak harus saling eksklusif.

Namun, mereka langsung mendapat rentetan komentar negatif tentang upacara pernikahan mereka. Kebanyakan mengklaim bahwa agama tidak menerimanya.

"Kami mendapat ancaman pembunuhan, sangat buruk," kata Jahed saat diundang untuk berbicara di sebuah acara talkshow.

"Yang mengerikan, ada yang mengancam menyiram muka kami dengan air keras," ucap dia.

Walau demikian, Sean mengaku mereka juga mendapat ribuan pesan positif yang mendukung mereka. Meski perasaannya masih campur aduk atas ungkapan kebencian yang ia terima, Sean gembira saat mendengar seorang pemuda yang memutuskan untuk terbuka soal orientasinya pada keluarganya, setelah membaca berita keberanian Jahed dan Sean.

Jahed mengatakan bahwa saat ia mengaku pada orang tuanya yang sangat religius, mereka bahkan tidak tahu apa itu homoseksualitas. Jahed menyadari dirinya gay pada usia enam atau tujuh tahun. Ia memutuskan mengaku pada orang tuanya atas saran seorang teman setelah melakukan usaha bunuh diri di masa remaja.

"Ketika saya mengaku kalau saya gay, banyak yang menghakimi saya. Padahal mereka tidak merasakan apa yang saya rasakan," kata Jahed seperti dikutip dari BBC Uk.

Pria berdarah India itu menggambarkan pertempuran yang ia hadapi saat dirinya tumbuh dewasa, ketika ia harus memilik mengakui orientasi seksualnya atau bersembunyi di balik kedok sebagai seorang Muslim. Konflik batin yang ia alami sempat menyebabkan masalah kesehatan mental yang parah.

Ia bahkan pernah menjalani "terapi penyembuhan gay" untuk melepaskan diri dari homoseksualitas. Namun, orientasi seksual bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan, karena hal tersebut tumbuh di dalam diri setiap orang.

Jared pun memutuskan untuk menerima dirinya apa adanya. Meski awalnya beberapa teman menjauhi dirinya, ia kini mendapat teman-teman dan keluarga baru yang memahami dirinya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Campuran 3 Bahan Ini Gantikan Susu Pembentuk Otot

Posted: 16 Jul 2017 08:30 PM PDT

Otot diperlukan supaya tubuh lebih maksimal dalam memproses semua kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain dipengaruhi oleh produksi testosteron, hal lain yang dapat kita lakukan agar badan lebih berotot dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan olahraga beban.

Olahraga saja tidak cukup untuk membangun otot-otot yang selama ini tertutup oleh lemak. Harus diiringi dengan sejumlah makanan dan minuman, yang bisa kita konsumsi sehari-hari.

Merasa susu untuk membangun otot terlalu mahal, Anda bisa membuat sendiri minuman kaya protein di rumah bermodalkan telur, pisang, dan selai kacang.

Cara membuatnya cukup mudah. Seperti dikutip dari situs Boldsky, Senin, 17 Juli 2017, campurkan semua bahan ke dalam blender. Setelah semua bahan menyatu, tambahkan susu cokelat tinggi protein dan aduk hingga rata. Konsumsi minuman ini setiap hari, sebelum dan sesudah Anda latihan membentuk otot.

Bagi orang-orang yang sudah terbiasa latihan beban, biasanya juga menambahkan ayam dan daging-dagingan. Namun, tidak juga tidak masalah. Sebab, kombinasi putih telur, pisang, dan selai kacang sudah cukup untuk memenuhi asupan protein dan potassium di dalam tubuh kita.

Asupan protein membantu membangun otot-otot, sedangkan potassium akan memberikan Anda energi yang cukup selama berolahraga.

Selamat mencoba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Kesehatan Menurun, Jet Li Diberitakan Meninggal

Posted: 16 Jul 2017 08:20 PM PDT

Bintang film Hong Kong yang juga sukses di Hollywood, Jet Li, seringkali diberitakan meninggal. Termasuk isu yang beredar baru-baru ini.  Jet Li dikabarkan meninggal dunia pada 13 Juli 2017. Kabar meninggal itu pertama kali dimuat di situs Nicropedia. Namun kabar duka itu ternyata hoax.

Apalagi sejak 2012, Nicropedia kerap mengabarkan Jet Li meninggal dunia. Hampir tiap tahun, situs tersebut mengklaim bahwa Jet Li meninggal dunia.

Seperti diketahui, Jet Li memang dalam kondisi kurang sehat. Aktor kelahiran 26 April 1963 ini mengidap penyakit hyperthyroid sejak 2013 yang sempat memburuk pada 2016 lalu.

Hyperthyroid adalah kondisi terlalu banyaknya hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid dalam tubuh. Dibanding ketika aktif bermain film, kondisi Jet Li terlihat lebih kurus.

Kabarnya penyakit yang diidap Jet Li berpengaruh pada jantungnya, sehingga ia tidak bisa melakukan olahraga berat. Namun, Jet Li mengaku kondisinya saat ini sudah lebih baik.

Jet Li juga mengaku ia sudah bisa berjalan dan tidak harus duduk di kursi roda. "Tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal kesehatanku. Akhir-akhir ini banyak yang memberitakan jika aku akan duduk di kursi roda. Bahkan temanku khawatir dan bertanya-tanya soal keadaanku. Aku tidak tahu perusahaan kursi roda mana yang memberitakan seperti itu," ujar Jet Li pada Straits Times.

 

*Artikel ini pernah dimuat Bintang.com dan ditulis oleh Musa Ade

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tercepat di GP Inggris, Lewis Hamilton Juara Empat Kali Beruntun

Posted: 16 Jul 2017 08:18 PM PDT

Lewis Hamilton melempar trofi diatas podium setelah berhasil memenangkan GP Inggris di sirkuit Silverstone, (16/7). Hamilton juga tercatat telah lima kali menjuarai GP Inggris (2008, 2014, 2015, 2016, dan 2017). (AFP Photo/Ben Stansall)

Lewis Hamilton melempar trofi diatas podium setelah berhasil memenangkan GP Inggris di sirkuit Silverstone, (16/7). Hamilton juga tercatat telah lima kali menjuarai GP Inggris (2008, 2014, 2015, 2016, dan 2017). (AFP Photo/Ben Stansall)

Lewis Hamilton berhasil finish diurutan pertama pada GP Inggris di sirkuit Silverstone, (16/7).  Hamilton mengungguli rekan setimnya Valtteri Bottas (Finlandia), dan pebalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen (Finlandia). (AP Photo/Jason Cairnduff, Pool)

Lewis Hamilton berhasil finish diurutan pertama pada GP Inggris di sirkuit Silverstone, (16/7). Hamilton mengungguli rekan setimnya Valtteri Bottas (Finlandia), dan pebalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen (Finlandia). (AP Photo/Jason Cairnduff, Pool)

Lewis Hamilton merayakan kemenangan diatas podium setelah memenangkan GP Inggris di sirkuit Silverstone, (16/7). Kemenangan Hamilton ini sekaliguas menyamai rekor dua pebalap legendaris Formula 1 (F1), Jim Clark dan Alain Prost. (AP Photo/Frank Augstein)

Lewis Hamilton merayakan kemenangan diatas podium setelah memenangkan GP Inggris di sirkuit Silverstone, (16/7). Kemenangan Hamilton ini sekaliguas menyamai rekor dua pebalap legendaris Formula 1 (F1), Jim Clark dan Alain Prost. (AP Photo/Frank Augstein)

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan kemenangan bersama rekannya Valtteri Botas di atas podium setelah berhasil memenangkan GP Inggris di sirkuit Silverstone, (16/7). (AFP Photo/Ben Stansall)

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan kemenangan bersama rekannya Valtteri Botas di atas podium setelah berhasil memenangkan GP Inggris di sirkuit Silverstone, (16/7). (AFP Photo/Ben Stansall)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Psikolog Forensik soal Bullying di Sekolah dan Kampus

Posted: 16 Jul 2017 08:17 PM PDT

Perudungan alias bullying masih saja terjadi di sekolah-sekolah atau kampus-kampus. Yang terbaru terjadi di Universitas Gunadarma dan di sekolah menengah pertama (SMP).

Psikolog Forensik Reza Indragiri Amriel menilai, tidak mudah bagi sekolah atau kampus ketika memutuskan menerima siswa dengan kondisi disabilitas. Bagi dia, butuh kesiapan SDM, sarana, prasarana, dan aturan main yang suportif terhadap siswa dengan disabilitas.

"Penerimaan terhadap siswa dengan disabilitas harus mengendap sebagai mindset seluruh warga sekolah atau kampus, begitu azas fundamentalnya," kata dia dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Senin (17/7/2017).

Karena itu, ia meminta, lembaga pendidikan (kampus/sekolah) tidak hanya memintakan pertanggungjawaban secara individual kepada pelaku (bullying), tetapi juga secara kelembagaan yakni kepada kampus atau sekolah.

"Inilah momentum pematangan sistem akreditasi sekolah dan kampus," ujar Reza.

Di samping masalah bullying, ia menambahkan, ada potensi pelanggaran hukum lainnya yakni penyebarluasan viral berita yang menampilkan wajah-wajah. Apalagi jika mereka masih berusia kanak-kanak. Sebab, sesuai UU Sistem Peradilan Pidana Anak, wajah dan identitas mereka harus ditutup.

"Semoga masalah ini (bullying) segera teratasi setuntas dan sebijaksana mungkin. Apa pun jalannya, mudah-mudahan siswa-siswa lain di lembaga pendidikan dimaksud tidak terkena imbasnya," tandas Reza.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 17 Juli 2017

Posted: 16 Jul 2017 08:15 PM PDT

Liga 1 2017 telah memasuki pekan ke-15. Hari ini ada tiga pertandingan yang siap digelar.

Pertandingan pertama mempertemukan Perseru Serui dengan Semen Padang. Bagi kedua tim laga ini penting untuk menjauhkan diri dari zona merah.

Perseru saat ini berada di posisi ke-16. Mereka mengoleksi 10 poin dari 13 laga.

Sementara tamunya Semen Padang berada di posisi ke-14. Anak asuh Nilmaizar ini mengoleksi 18 poin dari 14 laga.

Sedangkan laga kedua mempertemukan Madura United (MU) kontra Persiba Balikpapan. Sebagai tuan rumah tentu MU diunggulkan. Apalagi Persiba merupakan juru kunci klasemen.

Laga terakhir hari ini menghadirkan Persela Lamongan kontra Bhayangkara FC. Kemenangan akan membuat kedua tim merangsek ke papan atas.

Saksikan video menarik berikut ini:

15.00: Perseru Vs Semen Padang (Tv One)
15.00: MU Vs Persiba (Tv One)
18.30: Persela Vs Bhayangkara FC (Tv One)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Bawang Merah Turun Rp 2.000 per Kg

Posted: 16 Jul 2017 08:15 PM PDT

Harga pangan stabil di pasar tradisional terus berlanjut hingga pertengahan Juli ini. Bahkan, harga beberapa jenis komoditas pangan justru menurun.

Dari hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, harga pangan yang turun harganya adalah bawang merah dan cabai rawit hijau.

Saat ini, sejumlah pedagang menjual harga bawang merah Rp 38 ribu per kilogram (kg) atau turun 2.000 dari minggu lalu. Untuk cabai rawit hijau, penurunan juga Rp 2.000 per kg yang kini dibanderol Rp 36 ribu per kg.

"Setelah Lebaran harganya Alhamdulillah stabil.  Malah beberapa ada ya turun, ini bagus," kata Heryati (45), salah satu pedagang saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (17/7/2017).

Heryati mengaku apa yang terjadi ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan ia mengapresiasi kinerja pemerintah dalam menjaga harga pangan tersebut.

Sementara harga pangan yang stabil, yaitu cabai merah keriting Rp 20 ribu per kg, cabai merah besar Rp 28 ribu per kg, dan bawang putih Rp 50 ribu per kg.

Sedikit kenaikan terjadi pada jenis cabai rawit merah. Kenaikan ini kembali terjadi setelah dalam beberapa minggu harganya terus turun. Kenaikan sebesar Rp 1.000 per kg menjadi Rp 56 ribu.

"Kenaikan ini masih wajar, asal jangan sampai Rp 80 ribu -100 ribu per kg lagi," ucap pedagang lain, Ina (41).

Untuk harga bahan-bahan pokok di Pasar Mampang harganya juga masih stabil. Beras kualitas medium, dibanderol Rp 10 ribu per kg dan beras kualitas medium seharga Rp 12 ribu per kg.

Untuk minyak goreng, kini dijual dengan harga Rp 13 ribu per kg, telur ayam Rp 21 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per kg, tepung terigu Rp 8.000 per kg. Sedangkan untuk daging sapi masih bertengger di harga Rp 120 ribu per kg dan daging ayam seharga Rp 35 ribu per ekor. (Yas)

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Foto Kocak Bill Clinton Sembunyi di Antara 'Dua' Bush

Posted: 16 Jul 2017 08:12 PM PDT

Pada Konvensi Partai Demokrat di kala Pilpres Amerika Serikat 2016, publik tak lupa dengan aksi Bill Clinton. Menemani sang istri --Hillary Clinton-- yang baru saja menerima nominasi calon presiden dari partai berlambang keledai itu, mantan presiden AS tersebut terlihat gembira memainkan balon merah yang menghujani panggung.

Kali ini, Presiden ke-42 AS itu kembali melakukan tingkah konyol saat mengunjungi George W Bush Presidential Center pada Kamis 13 Juli lalu.

Dikutip dari CNN, Senin (17/7/2017), setelah berkunjung, Clinton berpose di depan patung Bush senior dan junior. Masalahnya, bukan foto bergaya resmi, melainkan menampilkan kekocakan ala Bill Clinton.

Dalam foto itu, Bill bersembunyi di antara patung dua Bush, hanya menampakkan muka dengan senyum jahilnya.

Foto itu diambil oleh juru bicara Clinton, Angel Urena, dan diunggah di akun Twitternya dengan keterangan "Semuanya besar-besar di Texas". Unggahannya ini langsung viral di jagad maya.

Salah seorang pengguna Twitter bernama DA Powell menanggapi foto itu dengan bercanda, "Bill Clinton seharusnya menulis mamoar berjudul 'My Life Between the Bushes'."

Foto itu secara sejarah tepat, karena masa pemerintahan Bill Clinton terselenggara di antara ayah dan anak Bush. Hal itu ditanggapi oleh akun DaugSaunders, kolomnis di Globe and Mail, Kanada.

"Foto itu menggambarkan situasi tahun 1990-an," tulis Saunders.

Bill Clinton memiliki hubungan baik dengan keluarga Bush, meski ia mengalahkan Bush senior yang kala itu berlaga untuk menjadi Presiden AS untuk kedua kalinya pada 1992.

Dalam sebuah acara di Dallas, Bush Jr menanggapi kemenangan Clinton dengan baik.

"Saya pikir ini dimulai dengan Bill Clinton yang menjadi sosok rendah hati menolak untuk mengagungkan kemenangan atas ayah saya," kata Bush Jr pada tahun 1992 seperti dikutip NYDaily.

"Dalam kata lain, ia sangat rendah hati meski menang, dan ini penting saat harus berhubungan dengan orang lain," lanjutnya.

Sebagai penutup, Bush Jr mengatakan, "Bill memiliki kemampuan alami untuk menghormati dan menyukai kami satu sama lain. Ia menganggap kami saudara dari ibu yang berbeda."

 

Saksikan video penuh inspirasi kali ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cairan Anti-Bocor Bisa Bikin Pentil Ban Tersumbat, Benarkah?

Posted: 16 Jul 2017 08:07 PM PDT

Banyak cara dilakukan pemilik kendaraan untuk menghindari ranjau paku. Salah satunya dengan menggunakan cairan penambal ban. Namun, banyak informasi yang beredar di masyarakat jika cairan ini justru dapat menyumbat pentil ban. Benarkah?

Dijelaskan Marketing Director PT Tetsan-Maju Bersama, Philip Buulolo, cairan antibocor yang dapat menyumbat pentil ban yang memiliki komposisi air lebih banyak. Sedangkan untuk produknya, yaitu IML, hanya mengandung 32 persen air.

"Jadi, produk kita komposisinya lem dan serat. Jadi untuk menambal ban itu menggunakan lem, dan karena kadar airnya tidak banyak tidak menimbulkan karat yang menyebabkan pentil mampet," ucap Philip saat berbincang dengan wartawan di area Jakarta Fair Kemayoran, Minggu (16/7/2017).

Philip menambahkan, dengan teknologi dari Jepang dan Korea Selatan, cairan IML juga tidak akan menyebabkan keropos atau karat pada pelek. Selain itu, cairan anti bocor ini juga bisa bertahan hingga umur pemakaian ban.

"Cairan ini juga dapat menambal kebocoran ranjau paku, bukan hanya paku biasa. Cairan ini juga tidak menggumpal, sehingga tidak mengikis ban luar," pungkasnya.

Simak juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solusi Murah Ritual Ngaben

Posted: 16 Jul 2017 08:01 PM PDT

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengapresiasi pelaksanaan ritual Ngaben (kremasi) massal yang dilaksanakan oleh masyarakat Banjar (dusun) Tulang Nyuh, Desa Tegak, Kabupaten Klungkung. Dengan solusi Ngaben massal ini, umat bisa menunaikan kewajiban tanpa harus tertekan masalah biaya.

Sebelumnya, kata dia, masyarakat sering beranggapan bahwa untuk bisa Ngaben harus mempunyai dana "ngabehin" atau melebihi. Dengan pemahaman seperti itu, tentu Ngaben menjadi "label" bagi masyarakat yang kaya secara harta, sehingga yang kurang mampu akan merasa tidak akan bisa melaksanakan kewajibannya kepada leluhur.

Dengan Ngaben massal, warga yang kaya maupun kurang mampu berada di posisi yang sama, yakni bisa sama-sama melaksanakan kewajiban kepada leluhur. Bahkan menjadi kesempatan bagi yang mampu untuk membantu yang kurang mampu.

"Jika Ngaben dipaksakan sendiri-sendiri, maka mungkin saja ada yang mesti menjual warisan maupun harta benda lainnya. Namun jika dilakukan secara gotong-royong, tentu akan jauh lebih ringan," kata dia di sela-sela menghadiri rangkaian ritual tersebut di Semarapura, Klungkung, Minggu, 16 Juli 2017, dilansir Antara.

Menurut Sudikerta, Ngaben merupakan salah satu "utang" yang dipercaya dalam ajaran agama Hindu yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat. Tujuannya mengantarkan arwah leluhur agar berjalan dengan baik pada dunia setelah kehidupan dan mendapat tempat yang lebih baik.

Sudikerta mengharapkan agar masyarakat dalam melaksanakan upacara tersebut didasari rasa tulus ikhlas. Walaupun dilaksanakan secara massal, tapi harus tetap menggunakan sarana yang lengkap dan berdasarkan sastra-sastra agama, sehingga tidak mengurangi nilai dan maknanya.

Kelian Banjar (kepala dusun) Tulang Nyuh Wayan Sudarna mengapresiasi kehadiran Wagub Sudikerta selaku "upasaksi" pelaksanaan upacara tersebut.

Menurut Sudarna, upacara Ngaben massal itu merupakan kali keempat yang digelar di dusunnya. Biaya tidak hanya berasal dari iuran keluarga yang meninggal dan mengikuti prosesi tersebut, tetapi juga berasal dari punia dan kas banjar.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Berupaya Pulihkan Pasokan Listrik di Bangka Belitung

Posted: 16 Jul 2017 08:00 PM PDT

PT PLN (Persero) sedang berupaya memulihkan pasokan listrik di Provinsi Bangka Belitung, pasca banjir yang melanda wilayah tersebut.

General Manager PLN Wilayah Babel Susiana Mutia mengatakan,‎ akibat hujan lebat yang mengguyur Provinsi Bangka Belitung sejak Jumat 14 Juli 2017, sejumlah infrastruktur kelistrikan terendam banjir di lima kecamatan di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

"Saat ini PLN langsung bergerak untuk memperbaiki dan melakukan pemulihan aliran listrik," kata Susiana, di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Dari hasil verifikasi sementara untuk wilayah Belitung, tercatat 10 buah feeder padam dan 556 unit trafo terendam air. Hal ini menyebabkan 28 ribu pelanggan harus mengalami pemadaman.

Sementara untuk wilayah Bangka, tercatat 38 trafo terendam banjir dan 2 buah feeder mengalami kerusakan, yang disebabkan angin kencang dan luapan banjir. Kondisi ini mengakibatkan terputusnya aliran listrik untuk 3 ribu pelanggan di Bangka.

"Saat ini tim kami telah melakukan survei untuk melihat kondisi kerusakan yang terjadi akibat luapan air maupun angin yang kencang," ujar dia.

Dia menuturkan, PLN akan menormalkan aliran listrik secara bertahap. Namun, sejumlah jalan yang terputus akibat banjir menjadi tantangan dalam proses perbaikan jaringan listrik di Bangka Belitung.

"Kami mohon maaf dan mohon bantuan masyarakat untuk bisa melaporkan kepada PLN terdekat jika melihat infrastruktur listrik yang terendam banjir," kata dia.

Sementara itu terkait keselamatan warga agar terhindar dari bahaya kelistrikan saat banjir, PLN mengimbau warga melakukan hal-hal sebagai berikut, ‎apa bila air sudah mencapai sumber listrik (stop kontak), segera matikan listrik dari saklar mcb di kwh meter.

Peralatan listrik sebaiknya dimatikan dengan mencabut kabel dari stop kontak. Setelah banjir surut sebaiknya seluruh peralatan listrik dikeringkan dengan sempurna sebelum digunakan kembali.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Wonderkid Binaan MU yang Terusir dari Old Trafford

Posted: 16 Jul 2017 08:00 PM PDT

Manchester United (MU) sempat dikenal sebagai klub yang memproduksi pemain-pemain muda berbakat. Akademi MU pernah melahirkan Ryan Giggs, David Beckham, Paul Scholes, Gary dan Phillip Neville atau yang dikenal dengan Class 92.

MU berjaya bersama mereka di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Sejumlah gelar bergengsi berhasil mereka raih dengan kekuatan utama jebolan-jebolan akademi mereka.

Namun, belakangan jebolan-jebolan akademi The Red Devils sulit menembus tim utama. Akhirnya, mereka pun harus angkat kaki dari Old Trafford karena kesempatan yang tak banyak diberikan.

MU kini lebih memilih belanja pemain ketimbang mempromosikan para pemain muda mereka. Kebijakan ini pun cukup mendapat kritik, tapi manajemen MU beralasan mereka ingin segera bangkit dan bersaing lagi di papan atas sepeninggal Sir Alex Ferguson yang pensiun.



Berikut 3 pemain muda jebolan akademi MU yang sulit tembus tim utama dan mesti angkat kaki dari Old Trafford.

3. Federico Macheda

Pada suatu momen, Federico Macheda, sempat dianggap akan jadi bomber masa depan Manchester United. Pada musim 2008-2009, gol-gol Macheda membantu MU menjuarai Liga Inggris dan usianya saat itu baru 17 tahun.

Setelah namanya mencuat, Macheda sempat dipinjamkan ke Sampdoria, tapi gagal bersinar. Macheda berpindah-pindah klub dengan status pinjaman dari MU, cedera punggung juga sempat mengganggu perkembangannya.

Kegagalan Macheda berkembang sempurna karena merasa tertekan dan terbebani saat usianya baru 17 tahun. Ia pun mengakuinya betapa sangat besar ekspektasi dari luar, yang membuat fokusnya terganggu. '

Kontraknya bersama MU habis pada musim panas 2014, di mana saat itu ia tengah dipinjamkan ke Cardiff. Kini, Macheda terdampar klub Serie B Italia, Novara, sebuah kota kecil yang terletak di antara Turin dengan Milan.

2. Danny Welbeck

Pada musim panas 2014, Manchester United memutuskan untuk menjual Danny Welbeck ke Arsenal. Kebijakan itu diambil untuk memberi ruang bagi Falcao yang dipinjam dari AS Monaco.

Welbeck merupakan hasil binaan The Red Devils, dan ketika usianya lebih muda merupakan wonderkid kebanggaan Alex Ferguson.Legenda MU, David Beckham, sedih melihat kepergiannya ke klub rival, Arsenal. Padahal, saat itu Welbeck dianggap masih pantas berkostum MU.

Gawang MU bahkan dibobol Welbeck di Old Trafford pada laga Piala FA yang berlangsung 10 Maret 2015. Gol semata wayang Welbeck juga juga membuat The Gunners meraih kemenangan pertama di Old Trafford dalam kurun waktu sembilan tahun.

Musim lalu, Welbeck banyak berkutat dengan cedera, tapi kualitasnya tak berkurang. Arsene Wenger masih percaya dengan Welbeck, kepercayaan yang tidak didapat ketika dia bersama MU.

1. Adnan Januzaj

Manchester United menjual Adnan Januzaj ke Real Sociedad seharga 9,8 juta pounds (Rp 168,3 miliar). Ini kembali jadi potret kegagalan MU memberikan kesempatan kepada pemain binaan mereka.

Padahal Januzaj sempat bersinar kala MU ditangani David Moyes dengan 27 penampilan dan empat gol di musim debut. Namun, ketika Moyes dipecat dan Louis van Gaal datang, Januzaj bukan lagi pilihan.

Beberapa kali pemain asal Belgia itu sempat dipinjamkan MU, termasuk musim lalu ke Sunderland. Musim panas ini, Manajer MU, Jose Mourinho tidak memasukkan Januzaj dalam rencananya, tapi ada klausul pembelian kembali ketika menjualnya ke Sociedad.

Julukan The Next Cristiano Ronaldo pun perlahan memudar dalam diri Januzaj. Namun, usia Januzaj baru 22 tahun dan diyakini masih memiliki prospek cerah bila bekerja keras.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melamun di Villa Pribadinya, Ayu Ting Ting Masih Stres?

Posted: 16 Jul 2017 08:00 PM PDT

Ayu Ting Ting dikabarkan hengkang dari Pesbukers lantaran kerap datang telat. Meski pihak management stasiun televisi itu membantah memecat, tapi Ayu Ting Ting sudah tak ikut syuting sejak beberapa hari belakangan. 

Untuk menenangkan pikiran, Ayu Ting Ting mengajak keluarga untuk menginap di villa pribadinya di kawasan Puncak, Jawa Barat. Banyak kegiatan yang dilakukan keluarga di sana, salah satunya berenang. Namun Ayu Ting Ting tak ikutan, ia justru terlihat duduk di pinggir kolam sambil melamun, stres karena kehilangan pekerjaan?

Penyanyi dangdut Ayu Ting Ting. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Itu terlihat dari video singkat yang diunggah sang ibunda, Umi Kalsum, di akun Instagramnya, Minggu (16/7/2017). "Pagi semuanya ada yg cuma jadi penonton aj nh@ayutingting92 @syifaasyifaaa," tulisnya sebagai keterangan.

Video yang ditonton sebanyak lebih dari 561 ribu orang ini pun menuai beragam pendapat dari para warganet. Apalagi melihat Ayu Ting Ting tak ceria seperti biasanya.

"Kasian att kayanya lg mikir berat banget...," tulis akun @gholizt. Sementara akun @ucychitobeli menimpali, "Lg meratapi nasip."

Akun @dewi.mnanty melanjutkan, "@ayutingting92 Kok kliatan murung gt yak Semangat dooonk ay."

Begitu pun dengan akun @yanggilang19 mengatakan, "Kesian banget pelakor stress haha."

Ayu Ting Ting stres tak lagi manggung di Pesbukers? (Foto: Instagram)

Sebelumnya, bos televisi ini sempat menyindir keterlambatan beberapa artis pengisi acara yang hadir setiap sore itu. Tapi, Ayu Ting Ting yang merasa tersengat. Abdul Rozak, ayahanda mengaku melarang Ayu Ting Ting datang syuting lantaran sindiran di social media itu. 

Sayangnya hingga kini, Ayu Ting Ting, belum juga memberi pernyataan resmi tentang hengkangnya dari variety show tersebut.  "Ayah dan ibu keras, dong, 'mending kamu (Ayu) enggak usah datang, nanti kamu dibikin malu di sana'," ujarnya.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: 8 Tips Mencegah Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Posted: 16 Jul 2017 08:00 PM PDT

Bertambahnya usia, maka tanda-tanda penuaan semakin terlihat. Ternyata ada beberapa cara untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

Jalan-jalan ke luar negereri memang paling seru dan menyenangkan. Agar semakin seru, coba miliki beberapa aplikasi ini dalam ponsel Anda.

Gelato atau es krim? keduanya sama-sama memiliki rasa lembut dan sangat nikmat disantap sebagai makanan penutup. Nah, Anda pilih yang mana?

Simak tiga berita terpopuler dalam kanal Lifestyle berikut ini.

1. 8 Tips Menegah Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Penuaan kulit menjelang menopause. Kenali tanda-tandanya sejak dini. (iStockphoto)
Tanda-tanda penuaan bisa dicegah dengan fokus pada pikiran, tubuh, serta jiwa. Hal-hal seperti menghindari stres mungkin sering Anda dengar sebagai kunci untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Baca selengkapnya di sini.

2. 5 Jenis Aplikasi Ini Harus Dimiliki Saat Traveling ke Luar Negeri

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)
Luar negeri menjadi tempat yang asing ketika dijelajahi saat traveling. Untuk itu ada 5 jenis aplikasi di smartphone yang harus Anda miliki, agar perjalanan lebih aman. Tentunya aplikasi ini bisa digunakan selama traveling berlangsung, hingga kembali di tempat tujuan. Baca selengkapnya di sini.

3. Lebih Baik Mana, Gelato atau Es Krim?

Gelato merupakan dessert dingin nan segar yang berasal dari Italia. Lantas manakah yang lebih baik dan lezat, gelato atau es krim?
Mungkin di antara Anda masih banyak yang belum tahu perbedaan antara gelato dan es krim. Gelato merupakan dessert dingin nan segar yang berasal dari Italia dan sangat populer bagi para pencinta kuliner. Lantas manakah yang lebih baik dan lezat, gelato atau es krim? Baca selengkapnya di sini.

Saksikan video menarik berikut ini: 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Bullying di Gunadarma Harus Dikeluarkan?

Posted: 16 Jul 2017 08:00 PM PDT

Kasus bullying Gunadarma yang ramai di media sosial bikin geram para alumni. Banyak dari mereka yang berharap, mahasiswa yang ketahuan mem-bully anak dengan autisme itu dikeluarkan dari kampus, dan namanya dicoret dari semua universitas agar jera.

Namun, Dr Melly Budiman SpKJ dari Yayasan Autisme Indonesia kurang sependapat dengan hukuman itu. Kecuali, bila sedari awal memang sudah ada penyuluhan terkait autisme.

"Anak-anak non kebutuhan khusus itu harus dijelaskan bahwa mereka akan menerima anak yang mempunyai kebutuhan khusus. Minta pihak kampus untuk membantu anak itu, buat dia maju dan berkembang bersama-sama. Jangan ada bullying," kata Melly saat dihubungi Health Liputan6.com pada Senin, 17 Juli 2017.

Saat pembekalan itu sambil diingatkan, siapa saja mahasiswa dan mahasiswi yang ketahuan mem-bully anak dengan autisme, akan dikeluarkan dari kampus. "Kalau belum pernah ada sosialisasi, kemudian orang yang membully dikeluarkan, orangtua mereka bisa ngamuk," kata Melly menambahkan.

Setelah kasus ini, pihak Universitas Gunadarma harus melakukan penyuluhan terkait autisme dan membuat kesepakatan.

Terlepas dari itu, Melly amat menyayangkan bullying terhadap anak autisme terjadi di tingkat perguruan tinggi. "Bullying menjadi biasa kalau itu di SMP. Kalau di universitas, itu rada aneh. Mereka semestinya lebih dewasa, bukan malah nggak ada respek sama sekali."

Menurut Melly, anak-anak yang gemar mem-bully biasanya kurang sensitif. Mereka melakukan itu karena sejatinya mereka punya masalah sendiri yang harus segera ditangani. Sehingga mereka berbuat sesuatu agar terlihat hebat.

"Kalau anak normal, punya rasa empati dan kasihan," kata Melly menekankan tentang kasus bullying Gunadarma.

video:Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Jadi Korban Bullying di Gunadarma

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Uji Coba Perahu dan Pesawat Nirawak

Posted: 16 Jul 2017 08:00 PM PDT

BAE Systems menguji coba perahu dan pesawat nirawak untuk menjelajahi lepas pantai selatan Inggris. Raksasa di bidang peralatan pertahanan itu telah membuat sebuah area khusus di wilayah Solent antara Portsmouth dan Isle of Wight.

Selain itu, area tersebut dilengkapi jaringan komunikasi untuk menjalankan uji coba kendaraan otonomos. Perahu robot, pesawat terbang, dan pesawat nirawak bawah laut, dipandang sangat penting bagi masa depan industri pertahanan, sektor minyak dan gas, dan operasi pencarian dan penyelamatan.

Mengutip The Telegraph, Senin (17/7/2017), bersama dengan ASV dan beberapa pihak lainnya, BAE memimpin proyek ini setelah menerima hibah dari pemerintah Inggris. Di area tersebut ada dua pusat kendali yang dilengkapi radar dan peralatan komunikasi lainnya guna mengendalikan kendaraan. Uji coba akan berlangsung di berbagai wilayah selat mulai bulan Oktober.

Frank Cotton, kepala teknologi BAE Combat Systems, mengatakan BAE Systems akan menguji setidaknya dua perahu dan sejumlah pesawat nirawak di daerah tersebut, bersama-sama ASV dan pihak lainnya yang melakukan uji coba perahu, pesawat terbang, dan pesawat nirawak bawah laut.

Cotton mengatakan bahwa robotika merupakan prioritas utama bagi Angkatan Laut Inggris. "Ancaman yang harus dihadapi Angkatan Bersenjata menjadi lebih kompleks karena rudal makin cepat dan pesawat tak berawak menjadi lebih murah," kata Cotton.

Karena kompleksitas itu bertambah, lanjutnya, diperlukan otonomi untuk melawan ancaman tersebut dengan cara yang memungkinkan Angkatan Laut tidak perlu meningkatkan jumlah pasukannya. Oleh sebab itu, perahu, pesawat terbang, dan pesawat nirawak bawah laut dinilai dapat menjadi salah satu solusi untuk hal ini.

Tonton video menarik berikut ini:

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Warga DKI Malas Jalan Kaki

Posted: 16 Jul 2017 07:51 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, warga Jakarta saat ini malas untuk berjalan kaki.

"Kita termasuk warga yang malas untuk jalan. Kenapa banyak pasar tumpah? Karena mereka malas jalan," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (17/7/2017).

Untuk mendorong warga DKI mau berjalan kaki, kini pemprov mengebut perbaikan trotoar dan membangun angkutan dan fasilitas umum.

"Makanya kita dorong biar jalan, biar enggak kena penyakit. Kita bangun MRT, trotoar, halte bus yang agak panjang biar mereka jalan kaki," ucap dia.

Mantan Wali Kota Blitar itu tak ingin warga, terlebih PNS DKI terkena obesitas dan penyakit lain akibat kurang gerak.

"Banyak Pemprov kena obesitas. Hati-hati, karena kurang gerak. Pola makan, makanan instan, fast food. Makanya pemerintah harus dorong," ucap Djarot.



Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zidane Jamin Navas Jadi Kiper Utama Real Madrid

Posted: 16 Jul 2017 07:48 PM PDT

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menjamin posisi Keylor Navas sebagai kiper utama. Zidane tidak ingin kiper asal Kosta Rika itu meninggalkan Los Blancos musim panas ini.

Belakangan, Real Madrid santer dikabarkan tertarik meminang kiper Manchester United, David De Gea. Selain itu, penjaga gawang Chelsea, Thibaut Courtois, juga masuk dalam bidikan klub ibu kota Spanyol tersebut.



Seperti dilansir dari Don Balon, Zidane berbicara kepada Navas bahwa tidak ada satu orang pun yang bisa mendepak dia dari Santiago Bernabeu. Pelatih asal Prancis ini mengagumi kerja keras dan kemampuan Navas dalam mengawal gawang Real Madrid.

Bahkan jika kiper baru benar-benar datang ke Madrid pada musim panas ini, Navas tetap dapat kesempatan. Zidane ingin Navas tidak merasa tersingkir seandainya kiper anyar didatangkan Los Blancos.



Zidane telah menjelaskan soal negosiasi kontrak kiper berusia 30 tahun itu kepada Presiden Real Madrid, Florentino Perez. Navas masih akan berseragam El Real musim depan.

Navas mengapresiasi dukungan pelatih yang akrab disapa Zizou itu. Mantan kiper Levante ini juga sebelumnya sempat dikaitkan dengan kepindahan ke Paris Saint-Germain musim panas ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peningkatan Konsumsi BBM Tertinggi di Jawa Tengah pada Mudik 2017

Posted: 16 Jul 2017 07:45 PM PDT

Satuan tugas (Satgas) Idul Fitri 2017 PT Pertamina (Persero) mencatat, peningkatan konsumsi tertinggi untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin atau gasoline yang terdiri dari premium dan pertamax series terjadi di Jawa Tengah selama musim mudik 2017.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengungkapkan, konsumsi bensin sepanjang masa Idul Fitri 2017 di Jawa Tengah meningkat sebesar 18,4 persen, disusul Sumatera Barat 15,6 persen, dan Lampung 14,5 persen, dibandingkan konsumsi pada periode arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2016.

Selain itu di 3 (tiga) provinsi tersebut, konsumsi bensin juga naik cukup tinggi di Jambi 11,7 persen, Bengkulu 10,2 persen, dan Sumatera Selatan 9,8 persen, dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

"Sementara tiga provinsi di Jawa, yakni Jawa Timur, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat kenaikan konsumsi gasoline hanya sekitar 5 sampai 8 persen," kata Adiatma, di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Adiatma Sardjito, mengatakan sepanjang periode musim mudik dan balik Lebaran, secara nasional konsumsi produk gasoline meningkat 2,6 persen menjadi 95.612 kilo liter (Kl) dibandingkan konsumsi pada periode yang sama 2016.

"Bahkan dibandingkan dengan kondisi normal, konsumsi bensin sepanjang masa arus mudik dan balik 2017 naik 9,41 persen," ujar dia.

Adiatma menuturkan, data Satgas menyebutkan konsumsi bensin tertinggi terjadi pada arus mudik H-1, 24 juni 2017 dan terendah pada arus balik 2 Juli 2017. Peningkatan konsumsi bensin ditopang oleh Pertalite dan Pertamax.

Konsumsi Pertalite naik 44,625 Kl melonjak tajam hingga 113,8 persen dibandingkan pada 2016. Konsumsi Pertamax, naik 18.352 Kl‎ atau naik 33,4 persen dibanding periode 2016. Sementara itu, konsumsi Premium justru turun 46,48 persen menjadi 34.931 Kl‎.

Sementara dengan produk gasoil, yakni solar subsidi dan Dex Series, konsumsi pada arus mudik dan balik 2017, konsumsi gasoil naik 4,6 persen jika dibanding periode arus mudik dan balik 2016.

Kenaikan lebih besar terlihat pada konsumsi Dexlite. BBM jenis solar ini mencatat kenaikan hingga 268 persen sebanyak 808 Kl dibanding tahun sebelumnya. Varian lain jenis ini yakni Pertamina Dex juga naik 46 persen sebesar 500 Kl.

"Perilaku konsumen terhadap konsumsi BBM berubah lebih positif, produk BBM non subsidi menjadi favorit pemudik karena sesuai dengan spesifikasi kendaraannya," tutur Adiatma.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan penerbangan, pada masa Satgas BBM 2017, realisasi konsumsi Avtur sebesar 14.770 Kl ‎atau meningkat 8,62 persen dibanding periode Satgas 2016. Konsumsi puncak terjadi pada H-2 Lebaran.

Peningkatan konsumsi yang tertinggi terjadi pada Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau Padang 85,5persen dan DPPU Ahmad Yani Semarang 70,6 persen. Peningkatan juga terjadi pada DPPU lainnya antara 29 persen sampai 63 persen.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Trotoar untuk Pejalan Kaki, Bukan Motor

Posted: 16 Jul 2017 07:40 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, adanya aksi dari Koalisi Pejalan Kaki yang mengadang pemotor di trotoar menunjukkan tidak tertibnya pengguna motor di Jakarta.

Untuk itu, menurut Djarot, demi kenyamanan semua pihak, maka trotoar hanya boleh digunakan pejalan kaki dan menertibkan pemotor yang membandel.

"Tertibkan yang naik motor itu. Itu sangat mengganggu dan membahayakan pejalan kaki," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (17/7/2017).

Djarot menegaskan, pembangunan dan perawatan trotoar di Jakarta adalah untuk pejalan kaki bukan untuk motor.

"Ya kita tertibkan, kita kan punya lima tertib, salah satunya tertib lalu lintas. Kita bangun trotoar besar tujuannya untuk orang berjalan kaki, bukan untuk jalan motor. Kita tindak tegas sebagai pembelajaran," ucap Djarot.

Selain ancaman pemotor, Djarot juga mengingatkan agar trotoar bersih dari PKL.

"Trotoar yang gede kalau lengah, akan diduduki PKL. Segera ditertibkan, sejak awal. Jangan ada pembiaran," tegas Djarot.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyaksikan Festival Balap Kerbau ala Petani Thailand

Posted: 16 Jul 2017 07:39 PM PDT

Penduduk setempat menunggu dimulainya pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Penduduk setempat menunggu dimulainya pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Seorang petani berusaha mengendalikan kerbaunya saat bersaing pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Seorang petani berusaha mengendalikan kerbaunya saat bersaing pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Sejumlah petani berusaha mengendalikan kerbaunya saat bersaing pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Sejumlah petani berusaha mengendalikan kerbaunya saat bersaing pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Seorang petani berusaha mengendalikan kerbaunya saat bersaing pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Seorang petani berusaha mengendalikan kerbaunya saat bersaing pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Seorang petani berusaha mengendalikan kerbaunya saat bersaing pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Seorang petani berusaha mengendalikan kerbaunya saat bersaing pada festival lomba balap kerbau di Chonburi, Minggu (16/7). Festival tahunan di Thailand ini merupakan tradisi untuk menyambut datangnya musim panen padi. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 10 Berita Bola: Marquez Favorit Juara MotoGP

Posted: 16 Jul 2017 07:36 PM PDT

Persaingan MotoGP semakin memanas musim ini. Namun Marc Marquez tetap menjadi favorit untuk mempertahankan gelarnya.

Hingga seri kesembilan, pembalap asal Spanyol itu menjadi pemuncak klasemen. Ia mengoleksi 129 poin atau hanya selisih lima poin dengan runner up Maverick Vinales.

Kabar soal Marquez menjadi sorotan pembaca Kanal Bola Liputan6. Berikut Top 10 Berita Bola pagi ini:

1. Marquez: Saya Juara MotoGP 2017, Posisi Kedua Milik...

Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez memuncaki klasemen MotoGP dengan 129 poin. Marquez menjadi satu-satunya pembalap MotoGP yang bisa meminimalisir kesalahan.

Meski berada di puncak klasemen, Marquez hanya tertinggal lima angka dari rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Selain Vinales, Andrea Dovizioso (123 poin) dan Valentino Rossi (119 poin) juga mengancam Marquez.

Baca selengkapnya di sini...

2. 3 Alasan Juventus Jual Murah Bonucci ke AC Milan

Kejutan yang dibuat AC Milan di bursa transfer musim panas 2017 terus berlanjut. Klub milik Yonghong Li itu akan membajak pemain belakang rival abadi mereka, Leonardo Bonucci.

Bonucci kabarnya tinggal selangkah lagi akan bergabung dengan AC Milan. Bonucci diperkirakan resmi bergabung ke San Siro sebelum I Rossoneri bertolak melakoni tur pramusim ke Tiongkok.

Baca selengkapnya di sini...
3. 3 Pelatih Calon Penerus Djanur di Persib

Djajang Nurdjaman atau akrab disapa Djanur resmi mengundurkan diri sebagai pelatih Persib. Kekalahan 1-2 Persib dari Mitra Kukar pada Sabtu (15/7/2017) menjadi penguat Djanur untuk mundur dari posisi pelatih.

Ini menjadi akhir pahit bagi pria asal Majalengka ini. Pernah juara sebagai pemain dan juga pelatih, Persib tentu tak akan pernah jauh dari hati Djanur. Namun hasil buruk yang dituai Maung Bandung jadi pemicu yang tak bisa ditolaknya.

Baca selengkapnya di sini...

4. Tanpa Pendekatan Panjang, 3 Pemain Ini Kejutkan Bursa Transfer
5. 4 Pemain Ini Seharusnya Tak Pernah Dijual MU
6. Demi Perisic, MU Siap Berikan 2 Pemain ke Inter Milan
7. Penampilan Timnas Indonesia Bikin Kaget Pelatih Espanyol B
8. AC Milan, Los Galacticos Jilid 2
9. Bek AC Milan Jadi Buruan 4 Klub Raksasa
10. Daftar Nomor Punggung Skuat MU di Musim 2017-2018

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh, Rio Lahirkan Anak Anjing Berbulu Hijau

Posted: 16 Jul 2017 07:36 PM PDT

Langka, anjing dengan bulu berwarna hijau ini mungkin satu-satunya anjing sejenis di dunia. Tentu saja ini mengejutkan pemiliknya, Louise Sutherland.

Perempuan dari Skotlandia ini telah memelihara anjing Golden Retriever sejak 3 tahun lalu. Namun, ia sangat surprise ketika Rio, anjingnya, melahirkan sembilan anak. Louse lebih terpana karena salah satu dari sembilan anak anjing itu memiliki bulu berwarna hijau.

Biasanya warna bulu anjing yang kita kenal selama ini hanyalah putih, hitam, cokelat, cokelat tua, cokelat keemasan atau abu-abu. Karena itu, anak anjing yang dilahirkan Rio ini menjadi perhatian publik.

Louise dan warganet pun penasaran, kenapa anak anjing ini bisa berwarna hijau? Rupanya warna hijau ini disebabkan oleh pigmen "hijau" yang disebut billiverdin yang terdapat pada plasenta anjing.

Keunikan ini hanya pernah terjadi tiga kali di dunia ini. Karena anak anjing ini berwarna hijau, maka Louise menamai anak anjing ini "forest".

Perempuan ini sengaja memperlakukan anak anjing berbulu hijau ini secara istimewa. Forest mendapat perhatian lebih oleh Louise.

Unik ya?

*Yuk tonton videio menarik berikut ini:

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buruh Korea Utara di Luar Negeri dalam Kondisi Memprihatinkan?

Posted: 16 Jul 2017 07:36 PM PDT

Menurut laporan dari lembaga penggiat hak asasi manusia (HAM) yang berbasis di Korea Selatan, sekitar 50 ribu buruh migran Korea Utara di Rusia berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Kesimpulan itu disampaikan oleh Database Center for North Korean Human Rights (NKDB) di Seoul.

Firma itu menambahkan, kondisi memprihatinkan yang dialami para buruh migran Korut di Rusia adalah jam kerja yang tidak manusiawi dan upah di bawah minimum. Demikian seperti diwartakan oleh Foxnews.com, Minggu (16/7/2017).

"Pemerintah Korea Utara mempertahankan kontrol ketat atas keuntungan pekerja mereka. Dalam beberapa kasus, mereka mengambil sekitar 90 persen dari upah buruh migrannya. Situasi itu telah berjalan sejak lama," jelas Scott Sydner, direktur Program Kebijakan AS - Korea dari Council Foreign Relations, firma kajian asal Negeri Paman Sam.

Dari dugaan skema itu, Korea Utara diestimasi memperoleh keuntungan US$ 120 juta per tahun. Uang itu bersumber dari upah buruh migran yang penghasilannya dipotong untuk kas negara.

Sejumlah laporan sempat menyebutkan bahwa buruh migran Korea Utara --yang kebanyakan bekerja di sektor nonformal-- bekerja di bawah kondisi yang buruk. Setidaknya ada tiga laporan kasus pekerja migran Korut yang tewas di Rusia.

Selain itu, selama bertahun-tahun, sejumlah buruh migran Korea Utara bekerja di bawah waktu dan kondisi kerja yang berat di industri penebangan kayu terpencil di Rusia. Media Barat menilai bahwa para pekerja Korut di sana nampak seperti 'tahanan Gulag (kamp kerja paksa) di masa Uni Soviet'.

Bulan lalu, Kementerian Luar Negeri AS juga sempat mengeluarkan sebuah laporan tentang dugaan perdagangan manusia dari Korea Utara ke Rusia. Laporan itu juga menyebut bahwa para buruh migran bekerja dalam kondisi eksploitatif dengan karakteristik menyerupai kasus perdagangan manusia, seperti pemalsuan dokumen keimigrasian, upah yang tidak dibayarkan, kekerasan fisik, minimnya jaminan keamanan dan keselamatan kerja, serta kondisi kehidupan yang buruk.

"Menlu Rex Tillerson meminta semua negara untuk menerapkan sepenuhnya resolusi Dewan Keamanan PBB terkait isu Korea Utara, seperti memutus atau membatasi hubungan diplomatik, isolasi finansial, penerapan sanksi, pemutusan hubungan dagang, atau pemulangan atase perwakilan," jelas pejabat Kemlu AS.

Di Rusia, para buruh Korea Utara bekerja di sektor konstruksi, khususnya untuk membangun atau meremajakan stadion sepak bola untuk mempersiapkan Piala Dunia 2018. Kasus serupa juga terjadi di Qatar, untuk persiapan Piala Dunia 2022. China juga dilaporkan memiliki buruh asal Korut.

Kondisi buruk kerap dialami para buruh migran Korea Utara di pelabuhan Vladivostok. Menurut laporan The New York Times, upah para buruh Korut dipotong 80-90 persen. Sekitar 20 persen untuk agen ketenagakerjaan dan 50 hingga 60 persen lain masuk ke kas Worker's Party of North Korea, partai petahana pemerintah.

Meski begitu, tiap tahunnya, banyak buruh migran dari Korut yang kerap bersedia untuk dikirim ke Rusia, mengingat situasi ekonomi yang buruk di dalam negeri.

Saksikan juga video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: