Minggu, 02 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadwal Lengkap Piala AFF Antarklub 2017 Hari Ini

Posted: 02 Jul 2017 10:20 PM PDT

Piala AFF Futsal Antarklub 2017 akan segera dibuka pada Senin (3/7) siang nanti di Bangkok. Sebanyak delapan tim akan bersaing memperebutkan gelar juara dalam edisi keempat turnamen ini.

Wakil Indonesia, Permata Indah Manokwari bakal langsung menghadapi juara bertahan Thai Port dalam babak penyisihan grup A, pada pukul 16.15 WIB Bangkok Arena, Bangkok. Inilah penampilan perdana runner-up Liga Futsal Pro 2017 di ajang internasional.

Sedangkan Thai Port merupakan juara bertahan dalam dua tahun berturut-turut. Klub berjuluk The Port Lions tersebut menargetkan kemenangan di hadapan publiknya sendiri.

"Tentu saja, ini akan lebih kompetitif karena ada lebih banyak tim yang ambil bagian tapi kami percaya diri," kata pelatih Thaiport Udom Taveesuk dilansir dari laman resmi AFF.

"Kami bermain di kandang sendiri dan sebagai juara bertahan, kami harus bisa melakukannya di depan fans tuan rumah kami. Kami harus memenangi tiga poin pertama (melawan Permata Indah)."

Permata Indah Manokwari menghuni Grup A bersama Thaiport, Shah United (Brunei Darussalam) dan Pyay United (Myanmar). Sedangkan Grup B diisi oleh East Coast Heat (Australia), Vientiane Capital (Laos), Sana Khanh Hoa (Vietnam), dan Melaka United (Malaysia).

Inilah jadwal lengkap Piala AFF Antarklub 2017.

Senin, 3 Juli 2017

12.15 WIB East Coast Heat vs Vientiane Capital

14.15 WIB Shah United vs Pyay United

16.15 WIB Permata Indah Manokwari vs Thai Port FC (MNCTV)

18.15 WIB Sana Khanh Hoa vs Melaka United

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Tom Holland soal Kostum Spider-Man Terbaru

Posted: 02 Jul 2017 10:20 PM PDT

Menjadi superhero sekelas Spider-Man seperti mimpi yang jadi kenyataan bagi Tom Holland. Ia tak menyangka bakal dilibatkan oleh Marvel Studios sebagai penerus Tobey Maguire dan Andrew Garfield sebagai Peter Parker.

Namun ada hal yang tak diketahui Tom Holland saat memerankan karakter si manusia laba-laba. Terutama, soal kostum Spider-Man yang sangat ketat dan menyulitkannya dalam bergerak.

"Kostum Spider-Man sangat ketat menurutku. Berada di dalamnya benar-benar tak pernah aku bayangkan sebelumnya," kata Tom Holland kepada Liputan6.com dalam sesi wawancara di Marina Bay Sands, Singapura, beberapa waktu lalu.

Aktor 21 tahun itu mengaku harus beradaptasi dengan kostum terbaru Spider-Man, yang dalam cerita di film Spider-Man: Homecoming, dirancang oleh Tony Stark.

"Percaya atau tidak, aku sangat berkeringat saat menggunakan kostum itu. Sangat panas saat kau menjadi Spider-Man di siang hari," kata Tom Holland sembari terbahak.

Seperti diketahui, Marvel Studios merilis sebuah video pendek yang diunggah di berbagai media sosial, termasuk Twitter dan Instagram. Video tersebut berisi penjelasan Marvel terhadap teknologi kostum Spider-Man versi baru. "The most important upgrade out of #CES2017. #SpiderManHomecoming," tulis keterangan videonya.

Karakter Peter Parker yang dimainkan Tom Holland menjadi sorotan dalam video tersebut dengan menampakkan Peter Parker yang memakai kostum Spider-Man tanpa topengnya. Teknologi yang disuguhkan dalam kostumnya mencakup empat hal yang sudah ditampilkan dalam trailer perdana Spider-Man: Homecoming maupun film Captain America: Civil War.

Awal video memperlihatkan tulisan berisi: "Didesain oleh Tony Stark untuk Peter Parker." Lalu, yang dijelaskan pertama kali adalah web shooter (tembakan jaring laba-laba) di mana Spider-Man kali ini bisa memilih tipe jaringnya serta sistem laser sebagai targetnya.

Kedua, diperlihatkanlah web wings (sayap jaring) yang hanya memperlihatkan potongan trailer Spider-Man ketika sedang mengembangkan sayap jaringnya di atas helikopter polisi. Lalu yang ketiga adalah teknologi sistem pelacakan GPS melalui tampilan hologram di pergelangan tangan kostumnya. Keempat adalah mata di topeng Spider-Man yang mampu mengeluarkan ekspresi seperti dalam film Civil War.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekerja Kantoran di Perusahaan Ini Harus Siap Kerja Tanpa Kursi

Posted: 02 Jul 2017 10:18 PM PDT

Kesehatan dan kursi ternyata menjadi perhatian besar bagi sebuah perusahaan di Jepang. Bahkan mereka sampai mengeluarkan peraturan yang dianggap aneh, karena berlawanan dari kebiasaan di dunia kerja. Seperti yang dirilis dari rocketnews.com, Senin (3/7/2017).

Aturan aneh tentang kursi ini dikeluarkan oleh perusahaan Iris Ohyama, yang memiliki kantor pusat di Prefektur Miyagi, Jepang. Perusahaan yang menjual peralatan kantor ini, mengeluarkan aturan khusus untuk bekerja tanpa kursi setiap harinya namun khusus ketika menggunakan komputer saja.

Larangan ini ternyata diterapkan secara cepat kepada seluruh karyawan dan jajaran manajemen. Bahkan, mereka mengubah kantor yang dahulunya memiliki meja kerja dan kursi, dengan tambahan sebuah meja tinggi untuk meletakan komputer. Ternyata desain ini juga akan diterapkan pula di seluruh kantor cabang Iris Ohyama.
Kesehatan dan kursi ternyata menjadi perhatian besar, hingga perusahaan Jepang mengeluarkan peraturan aneh soal kursi. (en.rocketnews24.com)
Mengapa aturan aneh soal kursi ini diberlakukan? Ternyata mereka memandang banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika berdiri saat kerja. Selain meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kreativitas, kebiasaan berdiri saat kerja juga meningkatkan kesehatan para karyawan.

Aturan ini berlaku untuk para pekerja yang sehat dan mampu berdiri ketika bekerja. Mereka yang secara medis tidak mampu berdiri lama, dibebaskan dari aturan ini dengan alasan kesehatan. Tentunya para pegawai wanita harus siap untuk melepas high heels mereka, karena harus berdiri lama tanpa kursi saat bekerja. Apakah Anda mau mencoba aturan aneh perusahaan Jepang ini?

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Biasanya, Polisi Dubai Pilih Mobil Mungil ketimbang Supercar

Posted: 02 Jul 2017 10:16 PM PDT

Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab kembali menambah jajaran kendaraan patrolinya. Hanya saja, mobil ini bukan supercar melainkan mobil mungil yang disebut O-R3.

Kendati berukuran kecil dan desainnya yang unik, mobil buatan perusahaan robotik asal Singapura, OTSAW Digital, telah dibenamkan teknologi yang sangat canggih.

Mobil ini memiliki kamera yang dapat merekam dari sudut 360 derajat, video itu bisa dilihat langsung oleh pihak polisi Dubai.

Kecanggihan mobil yang memiliki kecerdasan sebuah robot ini disebutkan berkat dibenamkannya perangkat lunak biometric.

"Dengan begitu alat ini dapat mengidentifikasi benda-benda yang mencurigakan dan dapat melacak seorang tersangka," ungkap Director of the Police Force's Smart Services program, Brigadier Khalid Nasser Al Razooqi. Demikian dilansir The Drive, Senin (3/7/2017).

Tidak hanya itu, jika terdapat sebuah kasus di mana pelaku melarikan diri, maka O-R3 akan melakukan pengejaran dengan mengirim sebuah pesawat kecil tak berawak yang telah dilengkapi kamera.

Rencananya, O-R3 akan diperkenalkan di wilayah pariwisata akhir tahun ini. Kehadiran O-R3 sendiri disebut-sebut sebagai langkah awal rencana ambisius kepolisian Dubai untuk menambah kekuatan patroli sebanyak 25 persen dengan robot di 2030 mendatang.

 

 

Yuk nonton video menarik di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Kisah 'Horor' di Dieng: Tragedi Sinila dan Raibnya Legetang

Posted: 02 Jul 2017 10:15 PM PDT

Minggu siang 2 Juli 2017, para wisatawan berkumpul di sekitar Kawah Sileri Dieng di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Mereka menghabiskan libur Lebaran sekitar liang yang mengepulkan asap tebal beraroma berlerang itu. 

Tiba-tiba, sekitar pukul 12.00, Kawah Sileri meletus, mengeluarkan semburan lumpur dan gas setinggi 50 meter. Sebanyak 17 orang luka karenanya. 

Berikut video detik-detik meletusnya Kawah Sileri Dieng:

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani mengatakan, letusan freatik yang terjadi di Kawah Sileri Dieng terkait dengan tekanan uap air.

"Jadi, airnya meletus bercampur lumpur. Kejadiannya tiba-tiba," kata Kasbani. 

Kawah Sileri adalah satu di antara delapan kawah aktif yang berada di Kompleks Dataran Tinggi Dieng. Tujuh kawah lainnya adalah Kawah Candradimuka, Sibanteng, Siglagah, Sikidang, Sinila, Timbang, dan Kawah Sikendang.

Kawah Sileri tak memiliki riwayat gas beracun. Tiga kawah berpotensi mengeluarkan gas beracun adalah Kawah Sinila, Timbang, dan Kawah Sikendang.

Dieng, dataran tertinggi kedua di dunia --2.000 meter di atas permukaan laut-- setelah Nepal, berlokasi di sisi Barat Gunung Sindoro dan Sumbing. Selain kompleks volkano, dataran itu  juga merupakan kawasan candi peninggalan Hindu.

Kawasan itu telah menjadi daya tersendiri setelah ditemukan pada 1814 oleh tentara Inggris yang tak sengaja menemukan reruntuhan candi di tengah danau.

Meski secara langsung 'hanya' menyebabkan wisatawan luka-luka, letusan Kawah Sileri juga membawa duka. 

Helikopter Basarnas mengalami kecelakaan dan jatuh di Temanggung, Jawa Tengah sekitar pukul 16.00, Minggu 2 Juli 2017. 

Helikopter itu terbang untuk memantau letusan di Dieng, sekaligus mengevakuasi korban. 

Letusan Kawah Silei mengingatkan kembali bahwa Dieng, kawasan wisata volkano nan cantik itu sejatinya menyimpan 'bom waktu'.

Pada masa lalu, sejumlah tragedi pernah terjadi di Dieng, yang tak hanya mengerikan tapi hingga merenggut ratusan korban jiwa.

Berikut dua kejadian 'horor' di Dieng tersebut:

 

Semenjak Abad ke-17, kompleks volkanik Dieng telah mengalami berbagai erupsi.

Kebanyakan erupsi adalah freatik dan memiliki kadar ledakan moderat. Beberapa letusan mengeluarkan gas CO2 beracun, seperti pada tahun 1928, 1939, 1979, 2011 dan 2013, demikian Liputan6.com kutip dari disertasi Arief Dwi Bimonugroho tahun 2015 dalam rangka meraih Program Double Degree M.Sc dari  Universitas Gadjah Mada dan University of Twente.

Namun, yang paling mengerikan terjadi pada 20 Februari 1979.

Sore itu, Suwandi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA), seperti biasanya tengah menjalankan rutinitas pengamatan visual kawah Sinila, Sikidang, dan Candradimuka.

"Seluruh temperatur di kawah-kawah itu berjalan normal, tak ada tanda-tanda tremor atau apapun. Entah mengapa tiba-tiba Sinila meletus," kata Suwandi mengenang peristiwa itu, seperti dikutip dari disertasi Arief Dwi Bimonugroho.

Meletusnya kawah Sinila terjadi pada 20 Februari 1979 lewat tengah malam tepatnya pukul 01.55. Ada suara ledakan dari Sinila diikuti dengan gempa bumi.

Penduduk Dusun Simbar, Desa Sumberrejo, mengisahkan peristiwa horor itu.

"Ada gempa, tiap 15 menit. Saat saya melihat keluar ada awan hitam di tengah kawah Sinila. Tapi, kami tak mendengar ledakan," kata Riyanto seperti dikutip dari Antara.

Gempa terus menerus terjadi, hingga subuh. Pada pukul 04.30, Riyanto bersama warga desa lainnya mendekati Kawah Sinila.

Dalam perjalanan ke sana, mereka melihat ratusan orang tewas di jalanan.

Tragedi Sinila 1979 (suratkabar.id/public domain)

"Tampak penduduk desa sekitar itu tengah berusaha mengevakuasi diri. Mereka tewas dalam perjalanan mencari tempat aman," kenang Riyanto.

Ia bersama warga kampungnya adalah orang pertama yang datang ke sana dan menemukan warga desa tewas.

Total 149 orang tewas dalam peristiwa itu.

Selain gempa dan gas beracun, kawasan pegunungan Dieng rawan tanah longsor. Peristiwa itu diungkapkan oleh USGS pada 9 Juni 1971 dalam laporannya yang berjudul Evaluation of Initial Investigaton Dieng Geotherma Area, Central Java.

Pada tahun 1955, terjadi longsor dari Gunung Pengamun-amun yang menimbun Dusun Legetang hingga lenyap tak bersisa. 

Tugu peringatan bencana hilangnya Dusun Legetang (Wikipedia)

Dikutip dari Dieng Indonesia.com tercatat satu dusun itu benar-benar terkubur, menewaskan 332 orang warganya dan 19 penduduk dusun tetangga yang tengah berkunjung ke kawasan itu.

"Benar, kisah terkuburnya Desa Legetang itu benar adanya. Desa itu lokasinya dekat dengan lereng, jadi benar-benar di kaki gunung. Kemungkinan tanah longsor sangat besar," kata Alif Fauzi, Ketua Panita Penyelenggara Dieng Festival kepada Liputan6.com pada Senin (3/7/2017). 

Menurut Alif, jarak desa itu hanya 3 kilometer dari kawah terdekat, yaitu Kawah Timbang. 

"Lagi pula, tahun itu 1955, segala peralatan masih terbatas, jadi sangat sulit untuk mengevakuasi penduduk yang terkubur. Dan pemerintah lokal saat itu membiarkan desa itu terkubur," ujar Alif. 

Menurut cerita dari mulut ke mulut, Dusun Legetang kaya dan subur tanahnya. Namun, penduduknya mengingkari nikmat dengan tidak menjalankan kehidupan dengan baik. Sebagai bentuk hukuman atas perilaku mereka, alam pun murka.

"Desa itu dekat dengan Gua Jimat, yang menurut kepercayaan sebagai tempat penyimpanan pusaka sakti. Jadi ada mitos dan legenda yang membumbui peristiwa alam itu," lanjutnya.

Misteri Dusun Legetang itu terkubur bersama para penduduknya. Kini kawasan itu ditandai dengan tugu peringatan tertimbunnya desa itu.

Daerah itu telah berubah menjadi areal lahan pertanian kentang.

"Sekarang Desa Legetang jadi lahan kentang yang terkena di Dieng.  Kadang, petani yang tengah mencangkul kerap menemukan satu dua pecahan perabot atau puing rumah," ujar Alif. 

Selain Legetang, ada juga kisah desa yang terkubur. 

"Dusun Jawera pada tahun 1944 pernah terkubur kala Kawah Sileri meletus. Tapi lagi-lagi itu jauh di masa sebelum kita merdeka, pencatatan berapa orang yang terkubur kita tidak tahu," kata Alif. 

Meski demikian, menurut catatan Center of Volcanology and Geological Disaster Mitigation, Kawah Sileri  pernah meletus pada 4 Desember 1944, kala itu, 117 orang tewas dan melukai 250 lainnya.

Kini kawasan Desa Legetang didirikan sebuah prasasti sebagai pengingat bahwa di situ pernah terjadi bencana.

"Ini mengingatkan manusia untuk lebih arif, waskito, dan waspada, serta menghormati alam," tutup Alif seraya menambahkan prasasti dibangun pada tahun 1990-an. 

 

Daftar Bencana di Dieng

Berikut adalah sederet daftar letusan dan gas bocor di Dieng dari tahun 1786 hingga 2013 yang merenggut nyawa manusia, seperti dikutip Liputan6.com dari Center of Volcanology and Geological Disaster Mitigation:

Kawah Candradimuka meletus menyemburkan gas pada tahun 1786, 38 orang tewas.
13 Mei 1928, Kawah Timbang meletus dan mengeluarkan gas beracun, 40 orang tewas.

Pada 13 Oktober 1939, Timbang kembali meletus dan menewaskan 10 orang.

Kawah Sileri juga pernah meletus pada 4 Desember 1944, kala itu, 117 orang tewas dan melukai 250 lainnya.

Sileri kembali mengamuk pada 13 Desember 1964 hingga merenggut 114 nyawa.
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alami Kondisi Langka, Kulit Gadis 26 Tahun Keriput Seumur Hidup

Posted: 02 Jul 2017 10:15 PM PDT

Banyak orang menganggap perempuan cantik itu dilihat dari kulitnya yang putih dan juga mulus. Namun, seorang perempuan dari Minneapolis, Amerika Serikat, ingin menunjukkan kepada dunia bahwa memiliki kulit yang sempurna bukanlah segalanya.

Sara Geurts yang mengidap sindrom Ehlers-Danlos Dermatosparaxis (EDS), sebuah kondisi genetik yang menyebabkan kulitnya keriput seumur hidup tersebut ingin menunjukkan bahwa kondisi langka yang diidapnya malah membuatnya terlihat cantik dan memesona.

Awalnya, perempuan berusia 26 tahun itu sangat membenci kulitnya karena sering menjadi sasaran bullying. Namun, pada tahun 2015 dia mulai mengumpulkan keberanian untuk mengirimkan foto dan ceritanya ke "Love Your Lines," sebuah halaman Tumblr yang merangkul perempuan "yang mengalami luka dan ketidaksempurnaan lainnya."

Dilansir Viral4real, Senin (3/7/2017), Geurts mengatakan bahwa dia sangat tersentuh saat banyak orang mulai memperhatikannya dan memberikan komentar positif. Setelah dibagikan ke medsos, fotonya bahkan disukai 25 ribu orang.

Sejak saat itu, Geurts mulai menerima kondisinya dan mulai mengubah hidupnya. Dia kini menjadi berani, percaya diri dan juga memberi inspirasi kepada orang lain untuk meningkatkan kesadaran akan kelainan.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancaman Mendagri Kepada PNS Bolos yang Bolos Usai libur Lebaran

Posted: 02 Jul 2017 10:13 PM PDT

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengimbau pegawai negeri sipil (PNS) tak membolos hari ini. Sebab, selama Lebaran PNS sudah diberi waktu libur cukup panjang, yakni 23 Juni hingga 2 Juli 2017. Tjahjo juga meminta agar seluruh eselon I menggunakan sistem absensi, serta memberikan sanksi administrasi bagi PNS yang membolos. Tjahjo juga mengancam akan memberikan sanksi bagi PNS yang membolos usai libur Lebaran.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Wajah Pacquiao dan Horn Usai Duel, Siapa Lebih Bonyok?

Posted: 02 Jul 2017 10:10 PM PDT

Media sosial langsung bereaksi setelah Manny 'Pacman' Pacquiao dinyatakan kalah angka mutlak atas petinju Australia, Jeff Horn, Minggu (2/7/2017). Pro dan kontra bermunculan dan tidak sedikit yang menganggap bahwa Pacquiao telah dirampok dalam duel itu. 

Bertanding di Suncorp Stadium, Brisbane, Australia, Horn mampu menahan gempuran Pacquiao hingga 12 ronde. Namun melihat statistik pertandingan, pukulan-pukulan yang dilepaskan Pacman masih lebih akurat dibanding The Hornet--julukan Jeff Horn. 

Kondisi ini juga terlihat dari kondisi kedua petinju setelah pertandingan. Foto-foto yang beredar di media sosial menggambarkan siapa yang lebih 'bonyok' dalam duel tersebut.

Dalam banyak foto yang beredar, kondisi wajah Horn memang tampak lebih parah dibanding Pacquiao. Kedua mata petinju Asutralia itu tampak bengkak dan lebam akibat terkena pukulan Pacquiao. Pelipis sebelah kanan juga sobek dan mengeluarkan darah. 


Seperti dilansir News.com, wasit Mark Nelson, sebenarnya hampir saja menghentikan pertarungan pada ronde kesembilan setelah melihat kondisi Horn yang sudah kesusahan. 

"Anda sudah cukup mendapatkannya. Tunjukkan sesuatu kepadaku pada ronde ini atau aku akan menghentikannya," ujar Nelson kepada Horn pada ronde kesembilan. 

Dalam ronde ini, Horn memang dibuat kelimpungan oleh serangan Pacquiao. Pukulan bertubi-tubi yang mendarat di wajahnya membuat wasit khawatir terhadap kondisinya. 

"Saya di sini untuk melindungi Anda. Anda ingin melanjutkannya?" tanya Nelson. 

Simak video menarik lainnya:

Kondisi wajah Manny Pacquiao dan Jeff Horn usai bertarung (Instagram)

Horn tetap bertahan. Setelah bertahan tiga ronde lagi, mantan guru itu akhirnya dinyatakan sebagai pemenang lewat angka mutlak. Dia juga berhak atas sabuk juara dunia tinju kelas welter versi WBO yang sebelumnya melingkar di pinggang Pacquiao. 

Berbeda dengan Horn, wajah Pacquiao tidak banyak mengalami perubahan. Kedua matanya memang tampak sedikit bengkak, tapi tidak separah lawannya, Horn. Pacquiao sendiri sempat terluka, tapi bukan karena terkena pukulan, melainkan karena benturan kepala. 

Meski demikian, banyak juga yang mendukung kemenangan Horn atas Pacquiao. Sebagian pengguna media sosial Twtiter bahkan menyamakan perjuangan Horn dengan film terkenal berjudul Rocky yang dibintang oleh Sylvester Stallone. 

 

Statistik Pertandingan:

Total Pukulan yang menemui sasaran
Manny Pacquiao: 182 (32%)
Jeff Horn: 92 (15%)

Jab yang menemui sasaran
Manny Pacquiao: 59(31%)
Jeff Horn: 19 (10%)

Total pukulan bertenaga yang menemui sasaran
Manny Pacquiao: 123 (32%)
Jeff Horn: 73 (17%)

Keputusan Wasit
Jeff Horn-Manny Pacquiao
Judge Waleska Roldan: 117-111 (ronde kemenangan 9-3)
Chris Flores: 115-113 (ronde kemenangan 7-5)
Ramon Cerdan: 115-113 (rondek kemenangan 7-5)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerai 7-Eleven Tutup Akibat Persaingan Model Bisnis

Posted: 02 Jul 2017 10:10 PM PDT

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, penutupan seluruh gerai 7-Eleven di Indonesia merupakan bukti persaingan bisnis ritel di dalam negeri sangat ketat. Selain itu, model bisnis yang selama ini diusung oleh 7-Eleven juga dinilai tidak cocok diterapkan di Indonesia.

Darmin mengatakan, meski dasar bisnisnya merupakan ritel modern, namun lebih banyak 7-Eleven mengadopsi model bisnis restoran. Hal ini yang dinilai menjadi penyebab 7-Eleven tak mampu bertahan pada persaingan ritel di Indonesia.

‎"Sebenarnya itu adalah persaingan bisnis model. Grup 7-Eleven bisnis modelnya lain, dia sebenarnya izinnya saja kelihatannya restoran dan selalu di pemukiman. Karena restoran tidak boleh di restoran. Jadi bukan ritel," ujar dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Kemudian, faktor lain yang membuat 7-Eleven tumbang menurut Darmin lantaran terlalu mengandalkan keuntungan dari barang-barang yang diperdagangkan. Padahal bisnis ritel lain mengambil keuntungan dari biaya yang dikenakan kepada perusahaan yang menitipkan produknya.

‎"Kedua, kalau menurut saya sebagai bisnis modelnya dia terlalu mengandalkan profit perdagangan. Kalau kita lihat yang lain seperti minimarket lain itu ambil profitnya sedikit sekali. Mereka mengambilnya dari perusahaan-perusahaan yang memasukan barang ke mereka, dikenakan charge. Sehingga bisa diperkirakan ya kalah bersaing. Sehingga bukan itu bisnis model yang pas karena saingan-saingannya mengungguli dia," jelas Darmin.

Meski demikian, model bisnis yang diterapkan oleh 7-Eleven ini hanya kurang cocok jika diterapkan di Indonesia. Sebab di negara lain seperti Amerika Serikat (AS), convenience store tersebut terbukti mampu berjaya.

"Di negara lain di AS 7-Eleven berjaya, karena bisnis modelnya dia mungkin bukan restoran, tapi di sana mereka lebih banyak mengandalkan profit dari perdagangan itu sendiri. Di kita saja yang agak lain," ujar dia.

Seperti diketahui, manajemen PT Modern Internasional Tbk (MDRN) mengumumkan menutup seluruh gerai 7-Eleven per 30 Juni 2017.

Direktur PT Modern Internasional Tbk Chandra Wijaya menuturkan, penutupan seluruh gerai itu disebabkan keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh Perseroan untuk menunjang kegiatan operasional gerai 7-Eleven.

Apalagi setelah rencana transaksi material Perseroan atas penjualan dan transfer segmen bisnis restoran dan convenience store di indonesia dengan merek waralaba 7-Eleven beserta aset yang menyertainya oleh PT Modern Sevel Indonesia sebagai salah satu entitas anak dari perseroan kepada PT Charoen Pokphand Restu Indonesia mengalami pembatalan. Itu karena tidak tercapainya kesepakatan atas pihak yang berkepentingan.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Amankan Kediaman Bayi Ajaib yang Dikandung Hanya 2 Jam

Posted: 02 Jul 2017 10:01 PM PDT

Aparat kepolisian dari Polres Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, menyelidiki kabar seorang gadis yang melahirkan bayi ajaib. Gadis itu dikabarkan mengandung bayinya hanya dalam tempo beberapa jam sebelum melahirkan. Tidak hanya itu, bayi yang dilahirkannya langsung dapat berucap salam.

"Iya, kabar itu sangat heboh. Kami sudah kirim beberapa anggota, baik dari Bhabinkamtibmas, Reserse Kriminal maupun dari Intel beberapa hari yang lalu," kata Kapolres Enrekang, AKBP Ibrahim Aji saat dikonfirmasi Minggu, 2 Juli 2017.

Ibrahim mengatakan pihaknya telah mewawancarai Utjie Ramadani, ibu dari bayi ajaib yang menghebohkan warga Kabupaten Enrekang. "Namun saat ini, informasi itu belum bisa kita ekspose, karena masih perlu dilakukan investigasi mendalam terkait hal tersebut," katanya.

Selain itu, ujar Ibrahim, pihaknya tidak bisa serta-merta menginvestigasi karena kejadian itu bersifat delik aduan yang prosesnya tergantung pada aduan yang masuk. "Kita harus terima laporan dulu untuk bisa melakukan investigasi lebih mendalam. Apalagi ini sangat sensitif," katanya.

Untuk saat ini, aparat kepolisian hanya mengamankan lokasi sekitar kediaman Utjia Ramadani di Dusun Penja, Desa Karueng, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

"Karena banyak warga yang mau lihat dan bertemu ibu dan bayi itu," ucap Ibrahim.

Sebelumnya, masyarakat Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, dihebohkan kabar seorang remaja yang tiba-tiba mengandung dan dalam tempo dua jam. Bahkan, dia langsung melahirkan. Tidak hanya itu, bayi yang dilahirkan remaja berusia 19 tahun itu dikabarkan langsung dapat mengucapkan salam.

Remaja tersebut bernama Utjie Ramadani. Kabar ini tersiar dari mulut ke mulut sejak Kamis, 29 Juni 2017. Akibatnya, kediaman remaja itu di Dusun Penja, Desa Karueng, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, ramai dikunjungi warga.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Konfederasi: Chile Pulang dengan Kepala Tegak

Posted: 02 Jul 2017 10:00 PM PDT

Gelandang Chile Arturo Vidal mengaku kecewa dengan kekalahan timnya dari Jerman di final Piala Konfederasi. Namun, menurut Vidal, La Roja tak perlu malu dengan kekalahan mereka.

Chile tumbang 0-1 dari Jerman pada final Piala Konfederasi 2017 di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Minggu (3/7/2017) malam waktu setempat.

"Jika kami menang, kami adalah tim terbaik di dunia. Tapi sekarang, masih banyak tim lain yang berada pada level yang hebat, kami akan terus menjadi salah satu yang terbaik. Aku pikir tim kami bisa pulang dengan kepala terangkat tinggi karena permainan kami," kata Vidal seperti dilansir Soccerway.

"Dalam setiap pertandingan, kami mencari kemenangan, dan kami bermain sepak bola yang bagus. Masih banyak yang akan datang dari kami dan mudah-mudahan tahun depan kami bisa bersaing di Piala Dunia."

Chile tampil gemilang di turnamen ini. Mereka bahkan sukses menyingkirkan juara Eropa, Portugal di semifinal.

"Tidak ada yang patut dicela karena kami bertempur sejak hari pertama. Kami dengan senang hati telah mencapai akhir dan mudah-mudahan kami tetap bertahan dalam kelaparan yang sama dari sekarang. Ini adalah generasi yang luar biasa. Kami berharap bisa lolos melalui kualifikasi, bermain di Piala Dunia dan mencapai final seperti yang kami lakukan di turnamen ini," Vidal menambahkan.

Bagi Jerman, hasil ini pun membuat Die Mannschaft berhasil meraih gelar perdana di turnamen yang telah berlangsung sejak 1992 tersebut. Sebelumnya, prestasi terbaik Jerman di Piala Konfederasi adalah peringkat ketiga pada 2005.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasutri Lebih Bahagia Saat Berbagi Tugas Rumah Tangga

Posted: 02 Jul 2017 10:00 PM PDT

Anda mungkin tidak menyangka, salah satu rahasia pernikahan bahagia adalah melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci baju dan memasak. Dalam hal ini, pekerjaan rumah tangga tak hanya menjadi kewajiban ibu, para ayah pun ikut melakukannya.

Hal tersebut terungkap berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family Issues.

"Dalam penelitian kami, para istri menganggap, keterlibatan ayah melakukan pekerjaan rumah tangga dapat memperbaiki kualitas pernikahan lebih baik," kata Adam Galovan, peneliti di University of Missouri, Columbia, Amerika Serikat.

Galovan juga menemukan, suami dan istri ternyata lebih bahagia saat mereka berbagi tugas pekerjaan rumah tangga. Namun, pekerjaan rumah tangga tidak harus dibagi rata.

Yang terpenting adalah kedua orangtua secara aktif berpartisipasi melakukan pekerjaan rumah tangga.

Selain itu, melakukan pekerjaan rumah tangga tampaknya kunci penting bagi suami agar makin dekat dengan istri mereka, ditulis dari Today, Senin (3/7/2017).

Penelitian ini mengolah data dari sebuah penelitian Utah Department of Health tahun 2005, yang diambil dari lisensi pernikahan pasangan yang menikah kurang dari satu tahun.

Dari data tersebut, Galovan menyurvei 160 pasangan antara 21 dan 55 tahun. Mayoritas peserta (73 persen) berusia antara 25 dan 30 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Tetap Eksis Selama Wamil, Lee Min Ho Lakukan Ini

Posted: 02 Jul 2017 10:00 PM PDT

Lee Min Ho saat ini tengah menjalani wajib militer. Kekasih Bae Suzy itu bertugas sebagai seorang pelayan publik selama menjalani tugas kenegaraannya.

Selama menjalani tugas wajib militer, para selebritas Korea Selatan tak diperkenankan melakukan aktivitas keartisan selama dua tahun.

DMZ the Wild MBC

Demi menjaga eksistensi di dunia hiburan Korea Selatan selama wamil, Lee Min Ho merilis sebuah photo book alias buku kumpulan foto. Buku tersebut, nantinya akan berisi foto-foto Lee Min Ho selama berada di perbatasan Korea Selatan.

Sebelum menjalani wajib militer, Lee Min Ho sempat menjadi pembawa acara serial dokumenter yang tayang di MBC TV Korea Selatan. Pemain film Bounty Hunters itu menghabiskan waktu di zona demilitarisasi (DMZ) tersebut selama dua hari tiga malam.

"Nantinya kami akan memperlihatkan semua foto Lee Min Ho, mulai dari persiapan sampai saat menjalani syuting di lokasi tersebut," ungkap salah satu perwakilan MYM Entertainment dilansir dari Yonhap, Senin (3/7/2017).

Cover promosi photo book Lee Min Ho selama syuting acara dokumenter di DMZ (Foto : Yonhap)

Selain merilis foto-foto Lee Min Ho dalam sebuah buku, pihak agensi juga mengaku akan mengadakan sebuah eksebisi foto pada 7 Juli 2017 sampai dengan 31 Agustus 2017.

Sementara itu, buku kumpulan foto bertajuk DMZ, The Records of 500 Days ini akan mulai dirilis ke pasaran pada 10 Juli 2017.

 

Simak video menarik di bawah ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepatu Gaul Jokowi, Selalu Temani Aktivitasnya Blusukan

Posted: 02 Jul 2017 10:00 PM PDT

Jika biasanya seorang petinggi negara, terutama Presiden selalu identik dengan jas dan sepatu pantofel yang resmi, tapi tidak untuk presiden republik Indonesia, Jokowi. Jokowi yang sudah dikenal dengan penampilannya yang sederhana, kasual dan santai. Termasuk saat sedang blusukan ke beberapa tempat. Orang nomor satu di Indonesia ini selalu tampil santai namun tetap rapi.

Seperti saat baru-baru ini saat ia sedang melakukan kegiatan blusukan ke beberapa pedagang, tak hanya mengenakan kemeja putih saja. Tapi ada yang menarik dari penampilannya saat itu, yaitu sepatu sneakers kekinian khas anak muda.

Sambil berbincang dengan pedagang kerak telor, Jokowi mengenakan sepatu merek Nike Lunar Low Flyknit warna abu-abu. Senada dengan kemeja putih dan celana panjang warna biru navy yang dikenakannya. 

Jokowi baru-baru ini tampil kasual dan santai mengenakan padanan sepatu sneakers Nike warna abu-abu.

Sepatu dengan peregangan empat arah ini memiliki jahitan elastis pada bagian atas dan dua tali pengikat. Bahan nilon, suede dan karet dari sepatu tersebut dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki. Dengan desain tersebut sepatu pun nyaman saat digunakan.

Bukan sekali Jokowi tertangkap kamera mengenakan sepatu sneakers keren ini, saat kunjungannya ke Tasikmalaya beberapa waktu lalu, ia pun sempat terlihat mengenakan sepatu Nike warna abu-abu ini.

Setelah tampil modis dengan jaket bomber, tentunya, penampilan tersebut memperlihatkan sosoknya yang berkharisma, kasual dan idola anak muda, bukan?

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batas Waktu Qatar Penuhi Permintaan Arab Saudi Cs Ditambah 48 Jam

Posted: 02 Jul 2017 10:00 PM PDT

Krisis Teluk yang melibatkan Qatar dan Arab Saudi Cs belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Doha belum lama ini menegaskan, pihaknya menolak 13 tuntutan yang diajukan Saudi Cs.

Menanggapi hal tersebut, Saudi dan sekutunya, pada Senin waktu setempat, mengatakan bahwa mereka akan memperpanjang batas waktu hingga 48 jam bagi Qatar untuk memenuhi 13 tuntutan itu. Serangkaian permintaan Saudi Cs merupakan syarat utama yang harus dituruti Qatar jika negara itu ingin isolasi dicabut.

Seperti dikutip dari Voice of America, Senin (3/7/2017), emir Kuwait Sheikh Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah yang selama ini berusaha menegosiasikan perdamaian antara Qatar dan Saudi Cs adalah pihak yang meminta perpanjangan batas waktu.

Adapun sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantor berita negara Kuwait dan Arab Saudi mengonfirmasi bahwa tenggat waktu telah diperpanjang.

Otoritas Mesir mengatakan, pada Minggu, para menteri luar negeri dari empat negara (Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain) akan bertemu di Kairo pada Rabu 5 Juli untuk membahas krisis Teluk.

Al Jazeera melansir, Duta Besar UEA untuk Rusia Omar Ghobash menegaskan, Qatar dapat menghadapi sanksi baru jika memutuskan tidak memenuhi daftar tuntutan Saudi Cs tersebut.

Kisruh di kawasan Teluk dimulai pada 5 Juni lalu setelah Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir memutus hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar. Mereka menuding Doha mendukung terorisme dan ekstremisme. Langkah keempat negara tersebut belakangan diikuti oleh Yaman, Maladewa, Mauritania, Mauritius, dan Libya.

Qatar membantah tudingan itu dan menyebutnya tidak berdasar. Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani mengatakan, tuntutan Saudi Cs termasuk di antaranya penutupan jaringan media Al Jazeera, pangkalan militer Turki, dan merenggangkan hubungan diplomatik dengan Iran tidak mungkin dapat dipenuhi tanpa mengorbankan kedaulatan negara itu.

Sejauh ini, Amerika Serikat yang merupakan sekutu, baik bagi Qatar, Arab Saudi, maupun Bahrain mendukung upaya Kuwait untuk menengahi sengketa. Armada Kelima Angkatan Laut AS diketahui berada di Bahrain, sementara Qatar merupakan rumah bagi pangkalan militer AS terbesar di kawasan.

Sementara itu, kesepakatan penjualan senjata senilai miliaran dolar antara AS-Saudi dinilai berpotensi dipengaruhi oleh hasil dari pertikaian diplomatik di kawasan Teluk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Informasi Ulang Tahun Pertama Pokemon Go Bocor

Posted: 02 Jul 2017 10:00 PM PDT

Pada 6 Juli 2016, Pokemon Go pertama kali dirilis. Hal ini menjadi langkah awal Pokemon hingga mendapat predikat gim paling fenomenal di dunia.

Menarik bagi gamer hardcore dan kasual, Pokemon Go dengan cepat menjadi salah satu gim mobile terpopuler sepanjang sejarah dan menempatkan Niantic Labs sebagai pengembang gim yang patut diperhitungkan.

Menjelang perayaan satu tahun gim Pokemon Go diluncurkan, wajar jika banyak gamer setianya berharap bakal ada acara besar di dalam gim. Meski belum ada informasi resmi yang diumumkan, bukti ajang ulang tahun Pokemon Go terungkap lewat pembaruan.

Mengutip informasi dari laman Reddit via Gamerant, Senin (3/7/2017), sebuah kode bertuliskan "ONE_YEAR_ANNIVERSARY" ditemukan di pembaruan Pokemon Go.

Beberapa gamer berpendapat update yang baru-baru ini Niantic gulirkan bertujuan untuk 'membuka jalan' guna menampilkan sesuatu yang spesial di ulang tahun Pokemon Go pada hari Kamis 6 Juli 2017 mendatang.

Belum ada kabar akan seperti apa atau monster tipe apa yang akan dimunculkan pada saat itu. Saat ini, hal paling memungkinkan adalah varian baru Pikachu yang menggunakan topi Ash--seperti di seri anime.

Selain menambahkan varian Pikachu, ada kemungkinan Niantic akan memberikan hadiah khusus kepada trainer setianya atau menambahkan fitur baru yang sudah lama ditunggu oleh pemain, seperti fitur trading atau Pokemon legendaris.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otak Pembunuhan Juragan Kuda Ternyata Istrinya Sendiri

Posted: 02 Jul 2017 09:56 PM PDT

Kesunyian Desa Ugi Baru, Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terusik oleh kabar tewasnya Abdul Waris. Seorang juragan kuda berusia 60 tahun di dalam rumahnya pada Sabtu 17 Juni 2017 dini hari.

Seperti yang ditayangkan Patroli Siang, Senin (3/7/2017), korban yang saat itu hanya berdua dengan istrinya, tewas bersimbah darah akibat pukulan benda tumpul di bagian kepala. Istri korban, Hajja Nurliah yang berada di dalam kamar lain, selamat dari perampokan ini setelah menyerahkan uang belasan juta rupiah kepada kawanan perampok.

Kawanan perampok ini diduga mengetahui dan mengincar hasil penjualan kuda yang dilakukan korban pada hari sebelumnya. Empat hari berselang, tepatnya Rabu 21 Juni, kepolisian resor Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berhasil mengungkap kasus ini.

Yang mengejutkan, otaknya adalah istri korban sendiri, yakni Hajjah Nurliah bersama anak kandung hasil pernikahannya dengan korban. Rupanya upaya pembunuhan ini telah dilakukan oleh pelaku utama sejak bulan Mei, dengan cara meracuni korban. Tapi usahanya gagal mencabut nyawa korban.

Karena jengkel, pelaku meminta anaknya untuk mencari pembunuh bayaran untuk  menghabisi korban. Polisi pun telah menetapkan empat tersangka, yakni Hajjah Nurliah, BSM (anak korban), RMN, dan ASN.

Polisi juga menyita barang bukti uang tunai Rp 15,450 juta, 11 unit telepon genggam, 2 sepeda motor, dan potongan balok untuk menghabisi nyawa korban. Dua minggu pasca kasus pembunuhan juragan kuda, yang diotaki oleh istri korban sendiri, polisi berhasil menangkap eksekutor utamanya.

Acco Botto alias Wahab ditangkap ditempat pelariannya di Desa Tamma Jarra, Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar, pada Selasa 27 Juni 2017 sore. Pelaku ditembak petugas karena berusaha melawan saat akan ditangkap.

Pelaku adalah pembunuh bayaran yang menghabisi korban atas perintah otak pelaku pembunuhan, yakni istri korban sendiri. Acco mengaku mendapatakan bayaran Rp14 juta untuk menghabisi korban yang berusia 60 tahun.

Dari tangan pelaku, polisi menyita uang Rp 637 ribu yang diduga merupakan sisa pembayaran hasil pembunuhan sang juragan kuda. Atas kasus ini, kelima tersangka yang telah ditangkap polisi terancam Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman pidana seumur hidup atau pidana hukuman mati atau penjara paling lama 20 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Lagi Tol Darurat Semarang-Jakarta pada Lebaran 2018

Posted: 02 Jul 2017 09:56 PM PDT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Tol Jakarta-Semarang tersambung tahun depan. Beberapa ruas tol dari Jakarta hingga Semarang sendiri berlaku fungsional pada mudik dan balik Lebaran tahun ini dan kemudian berubah statusnya menjadi tol darurat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah akan mengebut pembangunan Tol Jakarta-Semarang. Sehingga, kondisinya lebih baik dari tahun ini.

"Saya kira target saya (tahun 2018) sebelum mudik tahun depan mudah-mudahan Semarang sudah nyambung kemudian Jawa Timur. Baru 2018 yang Salatiga-Solo. Sebelum mudik 2018 mudah-mudahan tolnya lebih baik dari yang darurat sekarang," kata dia di Kementerian PUPR Jakarta, Senin (3/7/2017).

Dia berharap, tol dari Jakarta sampai Semarang bisa jadi tahun depan. Kondisinya akan lebih baik dari sekarang yang berupa lean concrete.

"Menurut saya, kalau yang sekarang bukan tol, bukan jalan, hanya lean concrete saja. Tahun 2018 nanti mudah-mudahan sudah jadi tolnya," tutur Basuki.

Basuki menuturkan, arus mudik dan balik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Kementerian PU-PR sendiri bertugas menyediakan prasarana salah satunya jalan tol.

"Kalau yang angkutan mudik dan balik, pasti teman-teman sudah yakin bahwa prasarana, regulasi, rekayasa dan perilaku. Kalau prasarana saya kira sudah optimal kita sediakan, cuma nanti mulai Minggu depan saya akan genjot lagi, supaya yang tol darurat bisa jadi pada 2017 sebelum mudik 2018," jelas Basuki.

Selain tol, Kementerian PUPR juga menyediakan 4 jalan layang (flyover) sehingga mengurangi kepadatan kendaraan.

"Dari segi prasarananya saya kira dengan 4 flyover dengan tol darurat mudah-mudahan dan ternyata kondisi lebih baik arus lalu lintas dari tahun lalu," ujar dia.

Untuk diketahui, beberapa ruas yakni Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang dioperasikan secara fungsional pada mudik tahun ini. Ruas Pejagan-Pemalang yang difungsikan yakni Seksi 3 Brebes Timur-Tegal dan Seksi 4 Tegal-Pemalang.

Ruas Pemalang-Batang yakni Seksi 1 Pemalang-Pekalongan dan Seksi 2 Pekalongan-Batang. Sementara, ruas Batang-Semarang ialah Seksi 1 Batang-Batang Timur dan Seksi 2 Batang Timur-Weleri.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gempa Susulan Terjadi di Kawah Sileri Dieng

Posted: 02 Jul 2017 09:48 PM PDT

Petugas pengamatan Gunung Api Dieng mengecek kondisi Kawah Sileri pada Senin (3/7/2017) dini hari tadi. Pengamatan dikonsentrasikan pada suhu di sekitar kawah dan kemungkinan munculnya gas berbahaya akibat letusan pada Minggu, 2 Juli 2017.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Senin, (3/7/2017), dengan menggunakan alat pengukur gempa dan pengamatan langsung setiap enam jam sekali, petugas masih menemukan sedikitnya terjadi tujuh gempa susulan di sekitar lokasi kawah.

Suhu Kawah Sileri pada Senin pagi masih dalam kondisi normal. Namun petugas tetap mengimbau agar wisatawan dan petani tidak mendekat ke area kawah dalam radius 100 meter. Objek wisata juga masih ditutup sementara.

Sementara mengenai kondisi korban akibat letupan Kawah Sileri, jumlah korban yang bertambah menjadi 17 orang sudah diperbolehkan pulang. Namun beberapa korban masih dirujuk ke rumah sakit lantaran mengalami luka cukup serius di bagian kepala dan kaki.

Kawah Sileri yang berada di puncak Gunung Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, meletus pada Minggu, 2 Juli 2017, siang kemarin.

Kawah yang menyemburkan lahar dingin mengagetkan para wisatawan yang menghabiskan akhir pekan di lokasi wisata ini. Belasan korban yang terkena semburan lahar dilarikan ke Puskesmas Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkumham Yasonna Datangi KPK Terkait Kasus E-KTP

Posted: 02 Jul 2017 09:46 PM PDT

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Politikus PDIP yang juga mantan anggota DPR ini tiba di lembaga antirasuah sekitar pukul 10.50 WIB.

Berkemeja putih lengan panjang, Yasonna enggan bicara banyak terkait kedatangannya ke KPK.

"Nanti aja setelah keluar, amanlah," jelas Yasonna di Gedung KPK Jakarta, Senin (3/7/2017).

Tak hanya Yasonna, KPK juga berencana memanggil mantan Ketua DPR Ade Komaruddin dan istrinya Netty Marliza masih terkait dengan kasus dugaan korupsi e-KTP. Baik Yasonna, Ade Komaruddin, dan Netty Marliza dipanggil untuk saksi AA atau Andi Agustinus.

"Ada agenda pemeriksaan terhadap yang bersangkutan (Yasonna) sebagai saksi untuk AA (Andi Agustinus) dalam kasus e-KTP," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

"Setelah sebelumnya cukup banyak dari unsur swasta dan birokrasi yang diperiksa, sekarang direncanakan sejumlah anggota DPR akan diperiksa," tukas dia.

Febri menyatakan, minggu ini penyidik KPK akan melakukan pendalaman materi terkait pembahasan anggaran e-KTP.

"Minggu ini penyidik akan masuk pada pendalaman materi terkait pembahasan anggaran, pertemuan-pertemuan atau indikasi aliran dana pada sejumlah pihak terkait e-KTP," pungkas Febri.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabung Barcelona Bikin Neymar Merasa Masuk Video Game

Posted: 02 Jul 2017 09:45 PM PDT

Neymar mengaku berada dalam video gim saat pertama kali bergabung dengan Barcelona pada 2013. Sebab, dia tak percaya bisa berdampingan dengan bintang top dunia seperti Lionel Messi sampai Andres Iniesta.

Neymar datang dari Santos pada Mei 2013 dengan durasi kontrak lima musim bersama Barcelona. Pemain 25 tahun tersebut kemudian memperpanjang masa kerjanya di Catalan hingga 2021.

Kini Neymar menjelma menjadi salah satu pemain di lini depan yang paling ditakuti di dunia bersama Messi dan Luis Suarez. "Awal mula saya di Barca? Saya tidak akan mengatakan kesulitan menyesuaikan diri dengan ruang ganti saat saya tiba. Tapi bulan pertama memang rumit, "katanya dalam acara TV Brazil Caldeirao do Huck.

"Tentu saja ini jadi situasi yang indah, karena ketika tiba dan melihat sekeliling, Messi ada di sana dan, di sisi lain ada Xavi atau Iniesta, atau (Gerard) Pique," ucapnya.

Menyadari satu ruang ganti dengan Messi dan kawan-kawan, Neymar merasa tengah memainkan gim video sepak bola. Dalam video gim, dia mengaku bebas memilih pemain terbaik dunia masuk dalam timnya.

"Rasanya seperti berada dalam video gim: Saya baru saja bermain di konsol (dengan mereka) dan tiba-tiba mereka ada di sisi saya."

"Awalnya saya malu untuk berbicara dengan mereka. Mereka idola saya. Dan saya adalah pendatang baru dan sangat muda," ujar Neymar.

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Hampir Tertimpa Lampu saat Jamu Presiden Korsel

Posted: 02 Jul 2017 09:43 PM PDT

Beredar video di media sosial, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump hampir tertimpa lampu meja di Gedung Putih. Saat itu, Trump tengah menjamu Presiden Korea Selatan, Moon Jai-in, pada Sabtu, awal bulan ini.

Dalam video itu, Trump tengah mengadakan jumpa pers dengan sejumlah wartawan Gedung Putih. Lampu hias yang berada di meja tersenggol microfone wartawan yang berkerumun. Akibatnya lampu itu nyaris jatuh dan mengenai Trump yang berada di sebelah kanan lampu.

Untung saja, pasukan pengamanan presiden dengan sigap memegangi lampu itu. Trump pun kemudian bereaksi santai dan tak menganggap itu masalah serius. Dengan menghadap ke kamera wartawan, Trump hanya mengatakan. "Easy. Easy. Easy."

Sontak video itu memicu reaksi deras dari kalangan warganet. Beberapa netizen mengandai-andai jika lampu itu menimpa Trump maka seluruh dunia akan tertawa. Sebagian lagi menduga, wartawan yang menyenggol lampu itu akan bernasib sial.

Diwartakan Yonhap bahwa pertemuan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat itu salah satunya membahas mengenai masalah nuklir Korea Utara. Korut dinilai telah abai terhadap perintah pembatalan program nuklir.

 

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Jenazah Korban Heli Basarnas Jatuh Dibawa ke RS Bhayangkara

Posted: 02 Jul 2017 09:43 PM PDT

Dengan menggunakan mobil jenazah Polda Jawa Tengah dan ambulans PMI, delapan korban tewas dalam insiden jatuhnya helikopter Basarnas dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Semarang, Senin, 03 Juli 2017 dini hari. Seluruh jenazah langsung dibawa ke ruang pemulasaran jenazah.

Seperti yang ditayangkan Patroli Siang (Senin, 03 Juli 2017), delapan korban tewas terdiri dari empat anggota penyelamat dari Basarnas Maulana Affandi, Nyoto Purwanto, Budi Resti, Catur Bambang, dan kru helikopter kapten laut Haryanto, Kapten Laut Solihin, Serka Mpu Hari Marsono, dan Peltu Budi Santoso.

Proses evakuasi jenazah sulit dilakukan petugas lantaran cuaca buruk dan medan yang terjal. Untuk menuju lokasi jatuhnya helikopter petugas harus berjalan 7 kilometer dari permukiman penduduk.

Proses evakuasi memakan waktu hingga enam jam lamanya. Di kamar jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Semarang, proses identifikasi dilakukan petugas sebelum diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tas Hitam Misterius Ditemukan di Depan ITC Hebohkan Warga Depok

Posted: 02 Jul 2017 09:40 PM PDT

Seorang pria misterius diduga sengaja meninggalkan tas hitam di depan ITC Depok Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas, Depok. Warga yang curiga kemudian melaporkan penemuan ini ke Malpolresta Depok.

Tas misterius ini pertama kali ditemukan oleh Rahman (35) saat melewati depan pintu terminal Depok, sekitar pukul 10.01 WIB. Menurut dia, ada gelagat seseorang yang mencurigakan menaruh tas tersebut.

"Teman saya melihat ada seseorang yang meletakkan tas itu. Tak lama setelah (orang) itu pergi begitu saja," kata Rahman, Depok, Senin, (3/7/2017).

Saat ini Tim Gegana Brimob Kelapa Dua Depok sedang menuju ke lokasi. Sementara itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lokasi disterilisasi.




Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potong Poni, Adik Julia Perez Dianggap Makin Mirip Sang Kakak

Posted: 02 Jul 2017 09:40 PM PDT

Tak terasa, sudah hampir sebulan Julia Perez mengembuskan napas terakhir pada 10 Juni 2017. Hingga kini, kepergian pedangdut tersebut masih menyisakan duka, tak terkecuali bagi khalayak luas.

Beruntung, para penggemar masih bisa mengobati sedikit kerinduan mereka pada Julia Perez ketika melihat wajah adik bungsu mendiang, Della. Terlebih, kini model rambut Della serupa dengan Julia Perez semasa hidup.

 

Seperti yang terlihat dalam foto di Instagram perempuan yang setia menemani Julia Perez di masa-masa terakhirnya itu, Minggu (2/7/2017). Poni Della tampak dipotong rata menyentuh alis matanya, sedangkan rambut panjangnya terurai panjang.

Foto yang disukai oleh lebih dari 3 ribu pengguna Instagram itu langsung dibanjiri tanggapan. Warganet sepakat bahwa wajah Della semakin mirip dengan Julia Perez setelah memperbaharui penampilannya.

"Wajah @dellalled mirip jupe..bisa mengobati rindu kl inget jupe...Al Fatihah," tulis @thrisnovy_momrino.

"@dellalled kalo pake poni kaya gini cantiknya mirip kaya mamita," sahut @tatadanita.

"Kk mirip almarhum iya,, jdi kngen @dellalled," ungkap @esatiara02.

 Adik Julia Perez, Della, dianggap semakin mirip dengan mendiang sang kakak. [foto: instagram/dellalled]

Ini bukan kali pertama Della membuktikan kemiripan wajahnya dengan Julia Perez. Beberapa hari lalu, Della sempat mengunggah foto bersama sang mendiang semasa hidup. Keduanya kompak mengenakan riasan wajah senada yang membuat mereka tampak seperti kembar.

 

Saksikan video menarik berikut ini. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malaysia Makin Ketat, Calon TKI Harus Masuk Pakai Jalur Resmi

Posted: 02 Jul 2017 09:35 PM PDT

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengimbau masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri khususnya Malaysia, menggunakan cara resmi. Hal ini untuk menghindari pelanggaran ketenagakerjaan.

Hanif mengatakan, ‎setelah Pemerintah Malaysia memberikan fasilitas ‎pemutihan status, melalui program Enforcement Card (E-Kad), pengawasan terhadap tenaga kerja ilegal semakin ketat. Dia berharap‎ calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja di Malaysia menempuh cara resmi.

"Kami berharap ke depan teman-teman lebih banyak menggunakan resmi saja, supaya ‎tidak banyak masalah. Karena di Malaysia sekarang ini pemerintahnya semakin ketat," kata Hanif, di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Hanif melanjutkan, ‎untuk TKI ilegal yang sudah bekerja di Malaysia, sebaiknya memanfaatkan fasilitas E-Kad. Lantaran Pemerintah Malaysia akan melakukan razia tenaga kerja asing ilegal setiap hari, setelah kesempatan pemutihan status berakhir.

"Kalau razia di sana (Malaysia) setiap hari, maka kami minta teman-teman di sana berhati-hati. Kalau ada kesempatan ‎untuk legalisasi dimanfaatkan dilakukan," ujar dia.

Hanif menuturkan, pemerintah Indonesia telah bernegosiasi dengan Pemerintah Malaysia, untuk menekan biaya program pengampunan bagi TKI ilegal, melalui program E-Kad tersebut.

"Walaupun ada keluhan mengenai soal pembiayaan tapi itu dari sananya. Jadi kami sudah tekan habis tapi dealnya sampai angka sekarang ini dilaksanakan," tutur dia.

‎Untuk diketahui, E-Kad adalah kartu identitas sementara untuk pekerja asing ilegal di Malaysia. Kartu tersebut merupakan syarat awal untuk mengurus dokumen kerja, bagi Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang berada di Malaysia.

Pemerintah Malaysia membuka kesempatan untuk pekerja asing ilegal, untuk mengikuti program tersebut, berlaku sejak 15‎ Februari-30 Juni 2017.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Trans Sulawesi Palu-Tolitoli Ambles Sepanjang 20 Meter

Posted: 02 Jul 2017 09:31 PM PDT

Sebagian badan jalan poros Trans Sulawesi Palu-Tolitoli ambles akibat hujan deras mengguyur wilayah kabupaten itu beberapa hari terakhir ini. Man, seorang pengendara sepeda motor warga Tolitoli, membenarkan badan jalan sepanjang 20 meter di Desa Pangi, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, longsor.

Ia mengatakan, kendaraan, termasuk mobil, masih bisa lewat. Namun, pengendara harus ekstra hati-hati karena jalan sempit dan licin. Menurut dia, jika sopir tidak berhati-hati saat melewati badan jalan yang ambles tersebut, kendaraan bisa terjatuh ke jurang berkedalaman sekitar 25 meter.

Poros Trans Sulawesi menuju Tolitoli, satu-satunya jalur darat yang selama ini cukup ramai dilalui berbagai kendaraan dari dan ke Kabupaten Tolitoli dan Buol.

"Jika jalur itu putus total, maka akses yang bisa ditempuh hanya melalui jalur transportasi udara dan laut," kata PNS di jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli itu, Senin (3/7/2017), dilansir Antara.

Ia berharap instansi teknis segera memperbaiki badan jalan yang ambles tersebut karena cukup rawan kecelakaan. "Lagi pula, jalan itu sangat vital," kata Man.

Jalan itu kerap kebanjiran dalam skala masif, di antaranya pada 2016 dan Juni 2017. Kabupaten Tolitoli sebelumnya juga dilanda banjir bandang sebanyak dua kali yang menyebabkan beberapa korban jiwa dan merusak ratusan bangunan rumah penduduk, sekolah, jaringan listrik dan sarana air bersih.

Hingga kini, ribuan kepala keluarga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tolitoli kesulitan air bersih karena jaringan pipa air milik PDAM setempat seluruhnya hancur akibat banjir bandang. Bahkan masyarakat hingga kini masih membutuhkan bantuan air bersih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Bareng Domba, Ayu Ting Ting Dibilang Cantik

Posted: 02 Jul 2017 09:30 PM PDT

Berada di Selandia Baru, Ayu Ting Ting tak melewatkan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan yang datang ke sana, yaitu The Agrodime Rotorua.

Di sana, para pengunjung bisa melihat pertunjukan. Ayu Ting Ting pun senang lantaran buah hatinya, Bilqis Khumairah Razak, begitu menikmatinya. Mereka pun berpose di depan boneka-boneka domba yang sangat mirip dengan aslinya.

Ayu Ting Ting datangi tempat wisata favorit di Selandia Baru (Foto: Instagram)

Setelah berpose bersama Bilqis, sang adik, Syifa, dan juga sepupunya, Ayu Ting Ting juga mengabadikan momen dirinya di sana, seorang diri.

Tampak Ayu Ting Ting memiringkan tubuhnya agar lebih dekat dengan domba-domba itu. Dan foto itu pun diunggahnya ke akun Instagram pribadinya, Senin (3/7/2017).

"Hi Agrodome..... Merino domba paling fav," Ayu Ting Ting memberi keterangan pada foto yang disukai lebih dari 79 ribu orang.

Melihat penampilan Ayu Ting Ting yang berada jauh dari Indonesia, para warganet melontarkan berbagai komentar untuk pelantun "Sambalado" itu.

"So cute,,,, domba'y bukan org'y," tulis akun @amaliyasyarif4 dengan memberikan emotikon tertawa.

Ayu Ting Ting foto bareng boneka domba (Foto: Instagram)

Begitu pun dengan akun @aktifuung menambahkan, "Cakep kambingnya."

Meski begitu, ada juga yang memuji penampilan Ayu Ting Ting. "Lucu tuu kak @ayutingting92," tulis akun @rospianinurjanah.

"Cantik quen ayu love you selamanya," lanjut akun @saripah0202. Begitu pun dengan akun @icha_140905, "Cantik amat sih bu ayu."

 

Simak video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyerang Akademi Real Madrid Laris

Posted: 02 Jul 2017 09:30 PM PDT

Lulusan akademi Real Madrid laku di pasar transfer, terutama yang beroperasi di lini depan. Berkat penjualan mereka, Los Blancos mengantongi 95 juta euro atau Rp 1,4 triliun.

Mariano Diaz adalah nama terakhir yang meninggalkan Real Madrid. Pemain berusia 23 tahun itu pergi ke Olympique Lyon dengan banderol 8 juta euro.

"Terima kasih kepada Real Madrid atas segalanya. Sekarang saya memulai petualangan baru bersama Lyon," tulis pernyataan resmi klub.

Diaz mengikuti jejak pendahulunya, mencakup Samuel Eto'o, Roberto Soldado, dan Alvaro Negredo. Para pemain ini bertolak mencari waktu bermain di tempat lain.

Sejak Raul Gonzalez, penyerang akademi Real Madrid memang gagal memantapkan posisi di tim utama.

Diaz tidak akan menjadi produk asli Real Madrid yang satu-satunya pergi dari Estadio Santiago Bernabeu. Sempat hijrah ke Juventus sebelum kembali memperkuat Los Blancos pada 2016/2017, Alvaro Morata juga hampir pasti hengkang ke Manchester United musim panas ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Djarot Halalbihalal dengan PNS di Balai Kota

Posted: 02 Jul 2017 09:30 PM PDT

Ratusan PNS Pemkot DKI Jakarta halal bihalal dengan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Jakarta, Senin (3/7). Pempkot DKI menggelar halal bihalal bersama seluruh PNS di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran 2017. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ratusan PNS Pemkot DKI Jakarta halal bihalal dengan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Jakarta, Senin (3/7). Pempkot DKI menggelar halal bihalal bersama seluruh PNS di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran 2017. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintahan Kota DKI Jakarta antre untuk halal bihalal dengan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balaikota Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintahan Kota DKI Jakarta antre untuk halal bihalal dengan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balaikota Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ratusan PNS Pemkot DKI Jakarta halal bihalal dengan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Jakarta, Senin (3/7). Pempkot DKI menggelar halal bihalal bersama seluruh PNS di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran 2017. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ratusan PNS Pemkot DKI Jakarta halal bihalal dengan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Jakarta, Senin (3/7). Pempkot DKI menggelar halal bihalal bersama seluruh PNS di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran 2017. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintahan Kota DKI Jakarta antre untuk halal bihalal dengan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balaikota Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintahan Kota DKI Jakarta antre untuk halal bihalal dengan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balaikota Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyalami sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintahan Kota Jakarta ketika halal bihalal di Balaikota Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyalami sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintahan Kota Jakarta ketika halal bihalal di Balaikota Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyalami sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintahan Kota Jakarta ketika halal bihalal di Balaikota Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyalami sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintahan Kota Jakarta ketika halal bihalal di Balaikota Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risiko Mengisi Ulang Botol Plastik Bekas Minuman

Posted: 02 Jul 2017 09:30 PM PDT

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak berpikir dua kali untuk mengisi ulang botol plastik dengan air. Faktanya, isi ulang botol plastik dapat memperburuk kesehatan.

Zat kimia bernama biphenol A (umumnya dikenal sebagai BPA) yang digunakan dalam pembuatan plastik ini menjadi pemicunya.

BPA bisa meleleh ke dalam air secara cepat sekaligus memunculkan bakteri mematikan di celah botol.

"Zat kimia tertentu yang ditemukan dalam botol plastik dapat memiliki efek berbahaya pada sistem tubuh," kata Dr Marilyn Glenville, dikutip dari Reader's Digest, Senin (3/7/2017).

"Zat kimia dapat memengaruhi ovulasi dan meningkatkan risiko gangguan hormonal (PCOS) dan kanker payudara," ia menambahkan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Treadmill Reviews, para peneliti menguji botol plastik yang digunakan para atlet selama seminggu.

Hasilnya, ditemukan jumlah bakteri mencapai lebih dari 900 ribu, yang dapat membuat orang sakit. Untuk itu, sebaiknya hindari penggunaan kembali botol plastik yang sekali pakai. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sony Bakal Umumkan Smartphone Tanpa Bezel di IFA 2017?

Posted: 02 Jul 2017 09:30 PM PDT

Sony dikabarkan sedang mempersiapkan kejutan untuk seluruh fansnya. Kali ini, sebuah isu mengenai smartphone Sony terbaru beredar melalui media sosial Tiongkok Weibo.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Phone Arena, Senin (3/7/2017), perusahaan Jepang itu akan merilis sebuah flagship smartphone tanpa bezel di ajang IFA 2017.

Kabar itu juga menyebut smartphone kelas atas Sony itu memiliki layar LCD seluas 6 inci dengan aspek rasio 18:9.

Jika kabar tersebut benar adanya, smartphone ini bakal jadi titik balik Sony dalam hal desain. Sejumlah perusahaan kini memang telah memangkas bezel pada layar flagship smartphone mereka. Namun di antara sekian banyak perusahaan manufaktur smartphone, Sony masih sungkan menghadirkan desain bezel-less.

Kebenaran kabar ini baru akan terbukti dalam beberapa waktu mendatang.

Sebelumnya, perusahaan telah meluncurkan smartphone premium Xperia XZ Premium, Xperia XS, XA1, dan XA1 Ultra. Tak ada satupun di antara smartphone di atas yang mengusung layar tanpa bezel.

Bahkan bisa dibilang kalau tepian atas dan bawah layar smartphone Sony memiliki ukuran luas. Sementara, sisi masing-masing ponsel sudah cukup tipis tanpa tepian.

Sayangnya kabar ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Sebelumnya dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2017, Direktur Marketing Sony Don Messa mengatakan, sampai saat ini perusahaan masih puas dengan aspek rasio 16:9.

Selain daripada itu, divisi entertainment perusahaan, Sony Pictures, saat ini masih mengandalkan format 16:9. Sehingga bukan hal yang bagus jika perusahaan membuat perangkat dengan aspek rasio berbeda.

Pada sisi lain, konglomerat divisi layar Sony, Toshiba, dan Hitachi Japan Display mengumumkan kalau perusahaan akan mulai memproduksi massal layar LDC Full Active dengan desain panel tipis di keempat sisi layarnya.

Tak hanya itu, dua minggu lalu perusahaan juga mengumumkan aspek rasio 18:9 yang cocok untuk smartphone. Hal ini lantaran Apple dan Samsung sudah siap meluncurkan smartphone premium dengan desain all screen pada kuartal ketiga 2017. Sehingga cukup masuk akal bagi manufaktur Jepang untuk merespon persaingan tersebut.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Jokowi untuk Diaspora Indonesia

Posted: 02 Jul 2017 09:29 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima delegasi Exco Diaspora Indonesia. Beberapa pesan disampaikan kepada para diaspora Indonesia.

Usai pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Jokowi mengingatkan kepada para diaspora, ekonomi dunia saat ini belum stabil. Setiap negara berlomba meningkatkan ekspor dan investasi ke dalam negeri.

"Oleh karena itu Presiden berharap diaspora Indonesia bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan ekspor kita ke sana dan juga dalam rangka menarik investasi asing ke Indonesia," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Beberapa peluang sebenarnya bisa didalami. Misalnya potensi ekspor batu bara di Meksiko. Selama ini, Meksiko dan Australia menjadi negara tujuan ekspor batu bara Indonesia. Dengan peran diaspora dan kedutaan besar Indonesia di negara itu, diharapkan jumlah ekspor semakin meningkat.

"Jadi sebenarnya pada saat kita bicara diaspora, kita bicara satu mengenai masalah aset, kedua masalah networking yang sudah dimiliki teman-teman diaspora. Dan setelah kita bicara networking, maka kita juga bicara mengenai connecting the dots, antara satu diaspora dengan diaspora lain. Atau diaspora itu sendiri dengan pemerintah.

Indonesia saat ini juga sudah mencapai invesment grade. Hal ini bisa menjadi modal awal bagi diaspora Indonesia untuk menarik minat investasi negara lain. Termasuk soal promosi pariwisata.

"Jadi tagline Wonderful Indonesia akan dibawa oleh diaspora Indonesia, kemana pun, kapan pun, dimana pun, apa pun, aktivitas yang akan dilakukan. Sehingga pada saat diaspora melakukan kegiatan maka akan gampang sekali kalau sudah bicara Wonderful Indonesia is Indonesia," imbuh dia.

Beri Semangat

Juru Bicara Exco Diaspora Indonesia Monique mengatakan, Jokowi selalu memberikan semangat kepada para diaspora Indonesia untuk selalu mempromosikan Indonesia di negara lain. Presiden juga ingin diaspora mengambil peran guna menarik investasi ke Indonesia.

"Jadi Pak Presiden juga tadi menitipkan pesan supaya meningkatkan investasi untuk masuk  ke Indonesia karena masih banyak sekali. Tadi beliau bilang masih ada Rp 5.400 triliun yang dibutuhkan tapi sekarang masih Rp 1.500-an (triliun)," kata dia.

Monique memastikan, diaspora Indonesia juga akan membantu pemerintah meningkatkan ekspor ke luar negeri. Diaspora Indonesia akan membantu pemerintah sebagai duta kecil di setiap negara.

"Jadi itulah kami punya tekad Diaspora Indonesia harus bersatu membangun  Indonesia melalui kerja nyata kami di luar negeri," pungkas dia.


Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah 11 Tahun Ciptakan Alat Pencegah Hipertermia di Mobil

Posted: 02 Jul 2017 09:28 PM PDT

Terkadang ada saja orangtua yang ceroboh, meninggalkan anaknya di dalam mobil yang terparkir. Meskipun terdengar sepele, hal ini bisa berakibat fatal. Hal tersebut pernah terjadi, dan memang cukup mengkhawatirkan.

Berdasarkan hal itu, seorang bocah berusia 11 tahun bernama Bishop Curry tergerak hatinya untuk menciptakan alat yang dapat mencegah kematian sia-sia. Alat bernama Oasis tersebut pada dasarnya berfungsi untuk mencegah kematian yang disebabkan oleh hipertermia (suhu tubuh terlalu panas).

Ide dasarnya adalah sebuah kipas yang dapat bekerja secara otomatis saat suhu di dalam kabin mencapai angka tertentu. Oasis ditempatkan di headrest dan mengarah ke anak. Ide tersebut semakin lama semakin berkembang, sehingga memiliki banyak fitur.

Dilansir Carscoops, Senin (3/7/2017),  Curry mengatakan, alat ini akan mendeteksi saat mobil berhenti dengan menggunakan teknologi GPS. "Lalu Oasis akan mendeteksi keberadaan anak kecil, dan mendeteksi suhu kabin. Saat ketiga indikator tersebut sudah memenuhi syarat, lalu Oasis akan aktif untuk mendinginkan udara," katanya.

Sampai saat ini, Oasis masih dalam pengembangan dan juga sedang dalam masa penggalangan dana di gofundme.com. Rencananya Curry akan menyematkan fitur WiFi agar Oasis dapat menghubungi orangtuanya jika anak tertinggal di dalam mobil.

 

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala Basarnas Usul 8 Korban Helikopter Jatuh Naik Pangkat

Posted: 02 Jul 2017 09:25 PM PDT

Delapan orang jadi korban jatuhnya helikopter Basarnas di Gunung Botak, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah.

Akibat gugur dalam tugas, Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Muda M Syagi mengusulkan delapan korban yang terdiri dari empat anggota TNI AL dan empat anggota rescuer Basarnas dinaikan pangkatnya.

"Saya sampaikan khusus untuk personel Basarnas akan kami usulkan dan kami yakinkan untuk dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi dan untuk anggota TNI AL akan kami usulkan untuk kenaikan pangkat karena mereka gugur dalam tugas dan misi kemanusiaan", tegas Kabasarnas Syagi lewat keterangan pers diterima, Senin (3/7/2017).

Delapan korban tersebut, ia menjelaskan, merupakan personel-personel yang andal. Sebab itu rasa kehilangan mendalam sangat dirasakan.

"Seluruh korban gugur dalam menjalankan tugas kemanusiaan dan tentunya kami sangat kehilangan personel-personel yang andal," imbug Syagi.

Sebagai informasi pagi ini Kepala Badan M. Syagi, tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang menemui keluarga korban untuk menyampaikan belasungkawa. Sebelum melepas jenazah, Kabasarnas bersama Kapolda Semarang, Bupati, Danlanal serta beberapa pejabat Basarnas menggelar konferensi pers di lokasi tersebut.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Lebaran, Harga Bahan Pokok Mulai Turun

Posted: 02 Jul 2017 09:20 PM PDT

Harga sejumlah bahan pokok mulai turun setelah libur Lebaran. Rata-rata penurunan antara 20-50 persen. Namun memang, harga tersebut belum mencapai harga normal sebelum masuk Ramadan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Induk Guntur Ciawitali Kabupaten Garut Achmad Wahyudin menjelaskan, penurunan harga mulai terjadi sejak H+1 Lebaran. Harga bahan pangan diprediksi kembali normal mulai minggu depan. "Mungkin efektifnya (penurunan) minggu depan," ujarnya, Senin (03/07/2017).

Menurut Achmad, tiga hari menjelang Lebaran, harga sejumlah kebutuhan masyarakat naik, terutama harga daging sapi, daging ayam, telur dan lainnya, termasuk sayur mayur. "Itu hampir merata di seluruh daerah, tetapi memang di daerah lain bisa lebih dari 20 persen," ujarnya.

Namun, usai Lebaran berlalu, harga sejumlah bahan pokok mulai turun, meskipun diakuinya penurunan harga belum mendekati harga normal sebelum Ramadan.

Ia mencontohkan harga daging sapi sekarang ini di kisaran Rp 110 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp 140 ribu per kg. Untuk harga daging ayam kini di Rp 35 ribu per kg, yang sebelumnya sempat mencapai angka di atas Rp 45 ribu per kg.

Kemudian harga sayuran rata-rata turun hingga sekitar 20 persen dari harga semula."Memang turunnya bertahap tidak sekaligus langsung ke harga semula sebelum puasa," ujarnya.

Khusus harga petai dan jengkol hingga kini belum juga turun. Harga jengkol masih bertahan di angka Rp 70 ribu per kg, sedangkan petai Rp 10 ribu per batang.

"Saya memprediksi harga seluruh kebutuhan pokok masyarakat akan kembali normal pada minggu depan. Kalau sekarang masih fluktuatif dan kalaupun turun belum seberapa nilainya," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah pedagang di Pasar Induk Guntur Ciawitali mengaku harga sejumlah bahan pokok masih fluktuatif, begitu pun dengan pembeli yang masih belum optimal. "Pembeli masih sepi mungkin masih liburan," ujar Empon (40), salah seorang pedagang. (Jayadi Supriadin)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngaku Fans Black Pink, Young Lex Numpang Tenar?

Posted: 02 Jul 2017 09:20 PM PDT

Julukan selebritas kontroversial nampaknya mulai melekat erat dalam diri rapper Young Lex. Ada saja ulah yang ia buat untuk menciptakan sensasi. Setelah sukses berduet dengan Awkarin, kali ini Young Lex mengajak personel girlband K-pop, Black Pink, Lisa, untuk berkolaborasi. Hal ini terlihat dalam unggahan di akun Instagramnya.

"Lisa ngeRap sama abang yuk! Biar abang ga NGAREP sama LISA," tulis Young Lex dalam foto yang diunggah pada Senin (3/7/2017).

 

Pelantun "Office Boy" itu pun mengaku bahwa ia sudah menyukai boyband asuhan YG Entertainment itu sejak 2013 silam.

"Gue ngikutin BlackPink. Dari 2013, proses latihannya, sampe video2 dance nya di youtube gue pantau, akhirnya debutnya 2016 keluar juga," ungkap rapper yang sempat mengukir tato wajah Ahok di tangannya itu.

Young Lex juga mengaku bahwa sampai saat ini, ia semakin jatuh cinta dengan girlband yang dianggap sebagai pengganti girlband 2NE1 itu.

"Dan sekarang makin jatuh cinta sama penggantinya 2n1 di YG family btw yang sama2 suka @blackpinkofficial love you," jelasnya.

 Lisa - Black Pink (via blackpinkyg.com)

Sayang, ungkapan kekaguman Young Lex terhadap Black Pink itu justru mendapat hujatan dari para K-popers-sebutan untuk penggemar K-pop. Mereka menganggap bahwa Young Lex sengaja mengunggah foto tersebut untuk meraup ketenaran di kalangan K-popers.

"Gua gapercaya sebenernya cmn kalo emg beneran suka. Beneran ya bang jan cuman NUMPANG TENAR lewat ketenaran kpop," tulis akun @acikn_.

Kemudian akun @salsabillarobbani_ menulis "Gw curiga ni yanglek gini biar di kenal kpopers ye? Biar nmbah trkenal?".

Setelah itu, akun lainnya @bezxxbp berkomentar, "Gua harap lu g numpang tenar pake nama lisa."

 

 

Simak video menarik di bawah ini :

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Inflasi Juni Capai 0,69 Persen

Posted: 02 Jul 2017 09:18 PM PDT

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi Juni mencapai 0,69 persen. Adapun inflasi tahun kalender sebesar 2,38 persen dan tahun ke tahun 4,37 persen.

"Pada Lebaran 2017, inflasi terkendali dari sebelumnya. Pemerintah melakukan berbagai upaya, ada satgas pangan dan lainnya," ujar  Kepala BPS Suhariyanto, di kantornya, Jakarta, Senin  (3/7/2017).

Dia menyebutkan dari 82 kota IHK, sebanyak 79 kota mencatat inflasi dan 3 kota deflasi. Inflasi tertinggi di Tual 4,48 persen, terendah di Merauke sebesar 0,12 persen.  Sementara deflasi tertinggi di Singaraja 0,64 persen dan terendah di Denpasar 0,01 persen.

Adapun besaran inflasi bulan Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya,
2014 (Juni dan Juli) masing-masing 0,43 persen dan 0,93 persen. Sementara pada 2015 (Juni dan Juli) sebesar 0,54 persen dan 0,93 persen. Kemudian di
2016, besaran inflasi masing-masing di Juni dan Juli  sebesar 0,66 persen dan 0,69 persen.

Sumber inflasi pada Juni, antara lain:

1. Bahan makanan 0,69 persen dengan andil inflasi 0,14 persen.  Inflasi terjadi karena kenaikan harga sayur mayur, ikan segar sebesar 0,05 persen, bawang merah dan daging ayam ras masing-masing 0,03 persen

2. Makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 0,39 persen dengan andil 0,07 persen. Kue kering, nasi dan lauk, rokok kretek filter masing-masing 0,01 persen

3. Perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,75 persen dengan  andil inflasi 0,18 persen, yang dominan karena penyesuaian tarif listrik 900 VA dan tarif air minum PAM

4. Sandang 0,78 persen dengan andil inflasi 0,05 persen

5. Kesehatan 0,34 persen dengan andil inflasi 0,02 persen

6. Pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,07 persen dengan andil inflasi 0,00 persen

7. Transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan 1,27 persen dengan andil inflasi 0,23 persen.

Tonton video menarik berikut ini:


    


 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Libur Lebaran, PNS Masuk Kerja seperti Biasa

Posted: 02 Jul 2017 09:15 PM PDT

Sejumlah pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Mulai Senin (3/7), seluruh instansi pemerintahan masuk kerja usai libur Lebaran. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sejumlah pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Mulai Senin (3/7), seluruh instansi pemerintahan masuk kerja usai libur Lebaran. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Seorang pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta mencari berkas di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Pasca libur Lebaran seluruh PNS Pemprov DKI terlihat masuk kerja kembali seperti biasanya. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Seorang pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta mencari berkas di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Pasca libur Lebaran seluruh PNS Pemprov DKI terlihat masuk kerja kembali seperti biasanya. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sejumlah pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Mulai Senin (3/7), seluruh instansi pemerintahan masuk kerja usai libur Lebaran. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sejumlah pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Mulai Senin (3/7), seluruh instansi pemerintahan masuk kerja usai libur Lebaran. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja pertama usai libur Lebaran di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja pertama usai libur Lebaran di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sejumlah pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Pasca libur Lebaran seluruh PNS Pemprov DKI terlihat masuk kerja kembali seperti biasanya. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sejumlah pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Pasca libur Lebaran seluruh PNS Pemprov DKI terlihat masuk kerja kembali seperti biasanya. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Konfederasi: Gelar Spesial bagi Joachim Low

Posted: 02 Jul 2017 09:15 PM PDT

Pelatih Tim Nasional Jerman Joachim Low mengaku sangat bangga dengan keberhasilan timnya menjuarai Piala Konfederasi 2017. Bagi Low, gelar ini sangat spesial.

Jerman menang 1-0 atas Cile pada final Piala Konfederasi 2017 di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Minggu (3/7/2017) malam waktu setempat.

Hasil ini pun membuat Die Mannschaft berhasil meraih gelar perdana di turnamen yang telah berlangsung sejak 1992 tersebut. Sebelumnya, prestasi terbaik Jerman di Piala Konfederasi adalah peringkat ketiga pada 2005.

"Ini sangat berharga karena Jerman tidak pernah memenangkan piala ini dalam sejarah kami. Jadi, tim ini dan kemenangan ini akan masuk dalam sejarah. Tim benar-benar pantas mendapatkannya dan itulah mengapa kami semua sangat bahagia. Ini lebih berat dari pada Piala Dunia," kata Low seperti dilansir Soccerway.

Hal senada dikatakan bek sayap Joshua Kimmich. Pemain Bayern Munich itu mengaku bangga timnya berhasil membalikkan banyak prediksi. Seperti diketahui, Der Panzer berangkat ke Rusia tanpa pemain-pemain terbaiknya.

"Aku dan tim sangat bangga dengan gelar ini. Tidak ada yang benar-benar mengunggulkan kami dan kami mampu mengalahkan negara-negara besar. Anda bisa melihat seberapa besar turnamen ini bagi Cile karena mereka sangat sedih di akhir. Kami memiliki akhir yang lebih baik dan menakjubkan untuk mendapatkan trofi dengan skuat ini. Kami akan berpesta keras," ucap Kimmich.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kado Boneka Beruang untuk Ibu yang Melahirkan di Tol Cipali

Posted: 02 Jul 2017 09:11 PM PDT

Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa menjenguk Sukiarti, perempuan asal Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, yang melahirkan di bahu Tol Cipali KM 82, Minggu, 2 Juli 2017. Royke mengaku bersyukur Sukiarti serta bayinya sehat dan selamat.

Dalam kunjungannya itu, Royke membawa kado dan boneka beruang besar untuk ibu satu anak itu. Sukiarti tampak sehat dan berbahagia dengan kelahiran anaknya. Apalagi, saat ia menerima boneka beruang besar itu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri: Korban Meninggal Kecelakaan Mudik Turun 42 Persen

Posted: 02 Jul 2017 09:06 PM PDT

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan angka kecelakaan arus mudik Lebaran 2017 menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut Tito, jumlah meninggal dunia karena kecelakaan turun 42 persen.

"Secara umum terlepas dari kepadatan yang relatif lancar angka kecelakaan jauh menurun. Angka warga yang meninggal dunia juga menurun hanya sepertiganya saja," ucap Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (3/7/2017).

Tak hanya itu, Kapolri juga menyatakan arus mudik ataupun arus balik kali ini tidak terjadi kepadatan seperti tahun sebelumnya. Akan tetapi, kata dia, permasalahan utama yaitu kurangnya rest area di Tol Cipali.

"Masyarakat yang lelah karena perjalanan panjang dan rest area penuh akhirnya pada istirahat di bahu jalan, ini yang membuat macet panjang. Sehingga harus dialirkan ke jalur lain termasuk ke jalur Pantura," papar dia.

Tito menyarankan agar tol fungsional Jakarta hingga Semarang, Jawa Tengah, saat Lebaran tahun depan sudah dapat dioperasikan.

"Karena itu melancarkan arus, tapi di tengah jalan harus di tambah rest area dan pintu keluar untuk menguras kepadatan. Jadi perbanyak rest area," jelas Kapolri Tito Karnavian.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vlog Kegiatan Jokowi Berkunjung ke Kedai Kopi di Cipete

Posted: 02 Jul 2017 09:05 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan berkunjung ke Toko Kopi Tuku yang berada di Jalan Cipete Raya.  Jokowi juga didampingi Ibu Negara Iriana, dan putra-putri Presiden, yaitu Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Toko Kopi Tuku cukup sederhana dengan harga jual kopi di bawah kedai kopi kenamaan bertaraf internasional.

Kegiatan Jokowi tersebut diabadikan dalam video blog alias Vlog pribadinya. Dalam rekaman yang berdurasi 2.08 menit, Jokowi memberikan apresiasi atas keberanian generasi muda dalam membuka usaha.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Racikan Coba-Coba Guru Honorer Picu Ledakan di Madrasah

Posted: 02 Jul 2017 09:03 PM PDT

Ledakan terjadi di Yayasan Pondok Pesantren atau Madrasah Tsanawiyah Al Mujahidin di Desa Sebangau Permai, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, pada Sabtu, 1 Juli 2017, sekitar pukul 16.30 WIB.

"Memang ada ledakan di lokasi yayasan atau madrasah tersebut, tetapi tidak ada kaitannya dengan jaringan teroris. Kami masih mendalami kejadian ledakan itu," kata Kapolres Pulang Pisau AKBP Dedy Sumarsono, dilansir Antara.

Kesimpulan sementara, kata Dedy, ledakan di sekolah itu berasal dari mercon dengan bahan dasar belerang dan karbit. Peraciknya diketahui bernama Heri Wahyudi, seorang guru honorer di madrasah itu.

Dari informasi yang dihimpun petugas di lapangan, ujar Dedy, guru honorer itu adalah warga Desa Sebangau Permai kelahiran 5 Januari 1989. Saksi dalam ledakan itu adalah Noor Imansyah Bin Supriadi, warga Desa Sebangau Permai, dan Riki Nuriadi, warga Desa Sebangau Permai. Keduanya adalah siswa Madrasah Al Mujahidin.

Kedua saksi mengaku melihat Heri sedang meracik bahan petasan itu di dalam kelas menggunakan blender. Kedua saksi tidak mengetahui campuran dan tidak mengetahui apa maksud dan tujuan guru melakukan hal itu. Saat diracik di dalam blender itulah terjadi ledakan.

Menurut keterangan Riki Nuriadi, guru honorer tersebut juga pernah melakukan hal serupa pada Jumat, 30 Juni 2017, dengan tempat dan lokasi tidak diketahui. Akibat ledakan dari bahan-bahan campuran sejenis bom itu, ketiganya terluka.

Heri mengalami luka cukup parah. Peracik bahan peledak itu terluka pada bagian wajah, kaki, tangan dengan satu jari tangan putus.

"Polisi masih mendalami kejadian tersebut. Ketiga korban saat ini masih menjalani perawatan," kata Dedy.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KNKT Imbau Pemda Berikan Rest Area Khusus Bus Pariwisata

Posted: 02 Jul 2017 09:03 PM PDT

Beberapa hasil investigasi kecelakaan angkutan jalan yang dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan bahwa salah satu faktor penyebab kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) disebabkan faktor kelelahan pengemudi.

Mengingat hal tersebut, KNKT berinisiatif untuk berkirim surat kepada Menteri Pariwisata dengan nomor surat UMM/10/22/KNKT 2017 tanggal 15 Juni 2017 perihal Tempat Istirahat Pengemudi Bus Pariwisata.

Surat tersebut berisi imbauan kepada para gubernur, wali kota dan bupati yang berada di provinsi seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali agar dapat memberikan fasilitas istirahat bagi para pengemudi bus pariwisata di tempat tujuan wisata atau di tempat lain yang layak untuk istirahat serta tidak membebani pengemudi.

"Selain kepada pemerintah daerah, imbauan ini juga diperuntukkan kepada pengelola tempat wisata," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono kepada wartawan, Senin (3/7/2017).

Beberapa tempat wisata dimaksud adalah Candi Pramabanan di Yogyakarta, Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah, Gunung Bromo di Jawa Timur dan Gunung Tangkuban Perahu, Taman Mini Indonesia Indah dan Pantai Carnaval Ancol DKI Jakarta, Pantai Carita Anyer Banten, dan Tanah Lot Bali.

Adapun yang melandasi dikeluarkan surat tersebut adalah faktor kelelahan pengemudi bus pariwisata yang disebabkan beberapa hal, seperti di antaranya kemacetan di jalan yang disebabkan oleh beberapa faktor, perjalanan panjang yang lebih delapan jam, dan tidak tersedia pengemudi pengganti, pengemudi bus pariwisata tidak memiliki jam istirahat yang cukup sesampainya di tempat tujuan wisata.

Selain itu, faktor lainnya adalah tidak baiknya kualitas pengemudi lantaran belum tersedianya tempat peristirahatan bagi pengemudi di tempat kota tujuan wisata yang terjangkau. Akibatnya, pengemudi terpaksa beristirahat di ruang bagasi mobil, kursi penumpang, atau tempat yang kurang layak untuk istirahat. Salah satunya adalah kurangnya perhatian, baik dari pemerintah maupun perusahaan khususnya mengenai tempat istirahat pengemudi, dan lain sebagainya.

Di samping kelaikan pengemudi, Ketua KNKT juga mengimbau badan usaha atau pengelola pariwisata untuk lebih memperhatikan kelaikan kendaraan atau armada bus pariwisata dan istirahat pengemudi bus.

"Berangkat berwisata dengan hati gembira, pulang berwisata dengan hati senang," ujar Ketua KNKT.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Cabut Larangan Bawa Laptop di Bandara Abu Dhabi

Posted: 02 Jul 2017 09:01 PM PDT

Usai diterapkan sekitar tiga bulan atau sejak akhir Maret lalu, larangan membawa perangkat elektronik di dalam pesawat oleh AS terhadap delapan negara muslim akhirnya dihentikan untuk salah satu wilayah.

Pada awal Juli ini, penerbangan Dubai, Etihad Airways dari Abu Dhabi ke Amerika bebas dari aturan tersebut.

"Keputusan untuk membebaskan penerbangan dari Abu Dhabi ke AS memungkinkan penumpang membawa laptop, tablet, dan gadget lain sebagai barang bawaan di kabin, setelah melalui prosedur pemeriksaan yang disempurnakan," kata maskapai tersebut dalam sebuah pernyataan pada Minggu 2 Juli 2017 yang dikutip dari News.com.au, Senin (3/6/2017).

Maskapai tersebut mengoperasikan 45 penerbangan per minggu dari Ibu Kota Abu Dhabi ke enam bandara AS. Etihad Airways adalah satu-satunya operator yang mengoperasikan penerbangan ke Amerika dari Bandara Internasional Abu Dhabi.

Bandara Abu Dhabi adalah satu-satunya pusat di wilayah Timur Tengah dengan aturan pre-clearance operations office AS, yang berarti penumpang harus menyelesaikan pemeriksaan imigrasi dan bea cukai sebelum naik bukan setelah tiba.

Abu Dhabi sudah memiliki petugas keamanan dan imigrasi AS di bandara. Para pelancong ke Amerika harus mengurus bea cukai sebelum berangkat dari Abu Dhabi, yang memungkinkan mereka melewati jalur imigrasi saat tiba di Amerika.

Seperti dikutip dari laporan CNN, pejabat keamanan AS membenarkan penghentian larangan tersebut. Dengan aturan itu, penumpang penerbangan dari Abu Dhabi ke Amerika Serikat diizinkan membawa laptop dan peralatan elektronik lainnya di kabin pesawat terbang.

Department of Homeland Security (DHS) atau Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengatakan pada Minggu 2 Juli, pihaknya mencabut larangan tersebut karena tindakan pengamanan tambahan telah dilakukan.

Juru bicara DHS, David Lapan mengatakan bahwa pejabat Transportation Security Administration (TSA) telah memverifikasi tindakan baru tersebut dengan "konfirmasi visual". Dia mengatakan bahwa usaha Etihad terkait larangan perangkat elektronik AS itu adalah contoh untuk maskapai asing dan domestik yang ingin mengadopsi langkah-langkah baru.

Etihad mengatakan hari Minggu bahwa pihaknya menyambut baik keputusan tersebut.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para penumpang atas pengertian dan kesetiaan mereka saat larangan tersebut dilakukan," ujar pihak Etihad dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Emirates Airlines yang berbasis di Dubai juga berada di UEA masih tersandera larangan laptop. Maskapai ini merupakan maskapai internasional terbesar di dunia.

Larangan membawa perangkat elektronik resmi diberlakukan oleh AS pada Maret lalu. Delapan negara berpenduduk mayoritas muslim termasuk Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Mesir dan Turki di antara yang terkena dampak aturan tersebut.

Media AS melaporkan perintah larangan barang elektronik itu dipicu oleh intelijen yang berada di luar negeri.

Dilansir dari BBC pada 21 Maret 2017, larangan elektronik itu mencakup semua perangkat besar seperti laptop, kamera, tablet, pemutar DVD dan permainan elektronik. Kendati demikian, ponsel, dan smartphone masih akan diperbolehkan dalam daftar barang bawaan di bagasi.

Setelah AS mengumumkan larangannya, Inggris mengikuti langkah tersebut terhadap penerbangan dari sejumlah negara termasuk Arab Saudi, Yordania, Mesir, Turki dan Tunisia.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Wanita Tembak Mati Sang Pacar Jadi Sorotan

Posted: 02 Jul 2017 09:00 PM PDT

Artikel tentang seorang wanita yang ingin tenar di YouTube dengan menembak pacarnya menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Minggu (2/7/2017).

Selain itu, dua artikel lainnya yang menyedot perhatian pembaca adalah artikel yang membahas kabar mantan bos Samsung yang "dibajak" Nokia, dan taksi terbang yang akan beroperasi di Dubai pada akhir tahun 2017.

Selengkapnya, simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Ngebet Terkenal di YouTube, Wanita Ini Tembak Mati Sang Pacar

Ketenaran di YouTube mungkin jadi dambaan banyak orang. Alhasil, untuk menjadi terkenal di laman berbagi video tersebut, orang jadi nekat melakukan apa pun, termasuk menembak pacar sendiri hingga tewas.

Penembakan tersebut dilakukan oleh seorang wanita asal Minnesota, Amerika Serikat, bernama Monalisa Perez terhadap sang kekasih, Pedro Ruiz.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Independent, Minggu (2/7/2017), penembakan yang dilakukan Perez sebenarnya tidak bertujuan untuk membunuh Ruiz, tetapi hanya upaya untuk membuat keduanya jadi terkenal di YouTube.

Selanjutnya baca di sini

2. Nokia Rekrut Mantan Bos Samsung

Nokia telah merekrut mantan Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Samsung Electronics Amerika Utara, Gregory Lee. Ia akan mengemban peran sebagai Presiden Nokia Technologies dan anggota tim Group Leadership.

Dilansir Phone Arena, Minggu (2/7/2017), sebelum bergabung dengan Nokia, Lee telah bekerja lebih dari 13 tahun di Samsung. Salah satu perannya di Samsung adalah mengelola seluruh bisnis Samsung Electronics di Amerika Utara.

President dan CEO Nokia, Rajeev Suri, menilai kepiawaian Lee dalam bisnis teknologi akan membantu mengembangkan bisnis Nokia. "Kami harus memilih pemimpin yang tepat untuk memajukan Nokia Technologies. Semangat Gregory untuk inovasi dan keunggulan operasional, bersama dengan kemampuannya yang telah terbukti dalam membangun dan memimpin bisnis teknologi konsumen global, membuatnya cocok untuk memajukan usaha Nokia di bidang virtual reality (VR), kesehatan digital dan sebagainya," jelas Suri.

Selanjutnya baca di sini

3. Akhir 2017 Taksi Terbang Beroperasi di Dubai

Dubai dikabarkan tengah menguji coba taksi pesawat nirawak atau drone pada awal 2017. Kini taksi drone tersebut akan segera beroperasi secara legal pada akhir tahun ini.

Namun, taksi drone yang digunakan Dubai bukanlah seperti yang diwartakan sebelumnya, yakni Ehang 184. Alih-alih menggunakan mesin drone Ehang 184 garapan Tiongkok, Dubai akan menerbangkan taksi drone garapan startup asal Jerman, Volocopter.

Dilansir dari Business Insider pada Minggu (2/7/2017), Volocopter telah meneken kontrak dengan otoritas transportasi Dubai untuk memulai penerbangan perdananya pada Desember 2017. Namun, taksi drone tersebut masih harus ditinjau oleh pemerintah selama lima tahun.

Selanjutnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duo Munchen Kembali Berteman Usai Final Piala Konfederasi 2017

Posted: 02 Jul 2017 09:00 PM PDT

Arturo Vidal sudah melupakan perseteruannya dengan Joshua Kimmich pada final Piala Konfederasi 2017. Dia menyatakan mereka bakal kembali bekerja sama membantu Bayern Munchen meraih prestasi.

Kedua pemain bersitegang saat membela negara masing-masing pada laga puncak Piala Konfederasi 2017 di Krestovsky Stadium, Senin (3/7/2017) dini hari WIB.

Vidal dan Kimmich akhirnya mendapat kartu kuning. "Saya terganggu dengan ulahnya. Tapi kami rekan setim. Saya akan bertemunya dalam 20 hari," kata Vidal, dilansir Soccernet.

"Saya marah. Saya tidak suka apa yang dia dan rekan-rekannya lakukan. Mereka tengah memimpin dan membuang-buang waktu," sambungnya.

Timnas Jerman memenangkan Piala Konfederasi 2017 berkat gol tunggal Lars Stindl di menit ke-20. Inilah gelar pertama Der Panzer di ajang tersebut.

Selain itu, Jerman juga membawa pulang penghargaan individu, yakni pemain terbaik (Julian Draxler) dan top scorer (Timo Werner). Sedangkan kiper terbaik Piala Konfederasi 2017 milik penjaga gawang Chile Claudio Bravo.

Saksikan video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rutin Minum Air Hangat, Kakak Adik Usia 40 Tahun bak Remaja

Posted: 02 Jul 2017 09:00 PM PDT

Memasuki usia kepala tiga biasanya mempengaruhi struktur wajah seseorang, namun beda halnya dengan kakak beradik asal Taiwan ini. Lure Sharon 36 tahun dan kakaknya Fayfay 40 tahun seolah menghipnotis kita dengan kecantikan dan awet muda.

Siapa yang menyangka kakak beradik ini telah memasuki kategori usia yang tidak muda lagi. Banyak media yang menyorotnya lantaran kecantikan paras kakak beradik ini.

 Fayfay dan Lure Sharon. Foto: Oddity CentralMelansir Oddity Central, Fayfay dan Lure Sharon mengatakan bahwa yang membuatnya tampil awet muda ialah gen dari orang tuanya dan rutin minum air hangat.

Kakak beradik ini rutin mengonsumsi air hangat setiap harinya. Pada pagi hari, mereka berdua meminum air hangat 350-500 ml. Kebiasaan itu sudah dilakukannya selama lebih dua dekade.

Sesederhana itu? Tentu saja tidak. Rahasia awet muda, kakak beradik tersebut juga ditunjang dengan olah raga teratur dan mengatur pola makan. "Namun yang terpenting adalah minum air putih hangat setip pagi," ujarnya.

Penulis:

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

http://citizen6.liputan6.com/read/3007823/azhari-penjual-es-krim-cantik-yang-mengguncang-iman-pembeli

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawah Sileri Meletus, Pintu Pendakian Gunung Prau Tetap Buka

Posted: 02 Jul 2017 09:00 PM PDT

Pasca meletusnya kawah Sileri yang ada di Desa Kepakisan, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, wisata Dieng umumnya dianggap masih aman untuk dikunjungi. Hal tersebut setidaknya diungkapkan Yusman, salah seorang ranger Gunung Prau kepada Liputan6.com, Senin (3/7/2017).

"Semua wisata di Dieng aman, kawah Sileri masuknya Banjarnegara, jauh dari wisata Dieng umumnya," ungkap Yusman.

Hal senada juga diungkapkan Yustika, salah seorang warga di sekitar Gunung Prau. Menurutnya saat ini wisata Dieng dalam kondisi normal seperti biasa kembali, setelah ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menghabiskan libur Lebaran.

"Sudah normal, seperti biasa. Cuma di Sileri yang ditutup sementara radius 100 meter. Volume kunjungan juga normal seperti hari-hari biasa. Kondisi jalan menuju Dieng kawasan Gunung Prau juga sudah lancar, kemarin pas lebaran kan cenderung macet," kata Yustika.

Menurut Yustika, umumnya wisata Dieng di kawasan Gunung Prau masih aman karena lokasinya yang berjauhan dengan letusan kawah Sileri. Namun beberapa jasa "open trip" pariwisata di Dieng terus mengikuti perkembangan informasi dari otoritas BPBD setempat.

"Sejauh ini pendakian ke Gunung Prau masih ada, tidak ada pintu pendakian yang ditutup, karena lokasinya jauh dari dampak Sileri," kata Yustika menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: