Jumat, 21 Juli 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Juventus dan Inter Milan Lupakan Wonderkid Lazio?

Posted: 21 Jul 2017 10:10 PM PDT

Rumor seputar transfer penyerang muda Lazio, Keita Balde Diao sudah sering tersiar sejak musim dingin lalu. Pemain 22 tahun itu kerap dikaitkan dengan tiga raksasa Italia, Inter Milan, AC Milan, dan Juventus.

Belakangan, AC Milan sudah tak pernah lagi terdengar mengejar Keita. I Rossoneri lebih fokus memburu penyerang Torino Andrea Belotti atau penyerang Fiorentina, Nikola Kalinic. Kini, tinggal Juventus dan Inter yang masih mengincar pemain Senegal itu.

Namun, meski sudah berbulan-bulan rumor itu terdengar, nyatanya baik Juventus maupun Inter Milan belum mengajukan penawaran. Itu diungkapkan oleh Presiden Lazio, Claudio Lotito, kemarin.

"Saya tidak ada menerima penawaran dari Inter ataupun Juventus. Justru penawaran datang dari luar (Italia)," ujar Lotito, saat mengunjungi markas latihan pra-musim klubnya, seperti dilansir Football Italia.

Lotito menegaskan, Keita tidak akan bernasib seperti Goran Pandev, penyerang Lazio terdahulu, yang dibekukan pada tahun 2009 lantaran menyatakan ingin bergabung dengan Inter.



"Keita tidak akan berakhir seperti (Goran) Pandev. Syukurnya, kasus seperti itu tidak terulang lagi. Jika tidak ada hal baru maka dia akan bertahan sebagai pemain Lazio dan (pelatih Simone) Inzaghi akan memainkannya jika dia dalam kondisi prima," tutur Lotito.

Striker Lazio, Balde Diao Keita, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chievo pada laga lanjutan Serie A di Stadion Bentegodi, Verona (2/2/2014). Keita menjadi pemain yang diperebutkan AC Milan dan Juventus. (EPA/Venezia Filippo)


Keita menjadi salah satu komoditas paling diperebutkan di bursa transfer musim panas ini, setelah bermain cemerlang sepanjang musim 2016/2017. Meski lebih banyak diturunkan dari bangku cadangan, pemain binaan akademi Barcelona itu mampu mencetak 16 gol dan 6 assist dalam 34 penampilan.

Rumor kepindahan Keita mencuat semenjak ia menolak perpanjangan kontrak bersama Lazio. Seperti diketahui, kontraknya di Lazio akan habis Juni 2018.

Baru-baru ini, Keita terpantau berkunjung ke Kota Milan. Spekulasi yang berkembang, ia datang untuk mengurus kepindahannya ke Inter Milan. Namun hal itu segera dibantah oleh agen sang pemain, yang menyebut bahwa kliennya melipir ke Milan untuk menemui pacarnya. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selundupkan Ganja ke Penjara, Eks Ratu Kecantikan di AS Ditangkap

Posted: 21 Jul 2017 10:02 PM PDT

Mantan Miss Kentucky, Amerika Serikat ditangkap karena mencoba menyelundupkan ganja ke penjara Ohio untuk seorang narapidana.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (21/7/2017), pemenang kontes kecantikan Kentucky pada 2011 itu ditangkap saat kedapatan menyelundupkan ganja ke Lembaga Pemasyarakatan Allen di Lima, Ohio untuk napi bernama Jeremy Kelly.

Hampton diperiksa terkait kunjungan ke Institusi Pemasyarakatan Allen pada tanggal 26 Mei.

Menurut Courier Journal, petugas dari Ohio State Highway Patrol menemukan bukti Hampton menyelundupkan ganja dari percakapan teleponnya.

Ketika diinterogasi, warga asli Louisville, Kentucky menjatuhkan benda putih mirip balon ke lantai, yang ternyata ganja.

"Pejabat terkait kemudian mengatakan bahwa dia membawa 2,82 gram ganja ke dalam penjara," kata Asisten Jaksa Allen County, Kenneth Sturgill.

Mantan ratu kecantikan tersebut didakwa pada 13 Juli atas tuduhan kejahatan tingkat tiga karena membawa obat terlarang ke fasilitas pemerintah. Ia terancam hukuman maksimal penjara selama tiga tahun.

Dia dijadwalkan tampil di persidangan pengadilan Allen County pada 26 Juli mendatang.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbauan Panpel untuk Penonton Jelang Duel Panas Persib Vs Persija

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

Laga menarik bakal tersaji saat Persib Bandung menjamu Persija Jakarta di lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (22/7/2017), pukul 18.30 WIB. Jelang pertandingan bergengsi itu, panitia pelaksana (panpel) menyampaikan beberapa informasi penting.

General Coordinator Panpel Persib, Budhi Bram Rachman, menyampaikan bahwa bobotoh yang akan menyaksikan langsung pertandingan Persib melawan Persija harap memperhatikan rute perjalanan menuju stadion.

Dikatakan Budi, bobotoh yang akan datang ke stadion, tidak bisa lewat jalan tol Purbaleunyi. Pasalnya, pintu keluar tol ke arah stadion telah ditutup permanen. Bobotoh bisa menggunakan beberapa jalur umum yang ada.

Bobotoh bisa lewat Jalan Soekarno Hatta lalu masuk ke Cimencrang (samping Polda Jabar). Bagi suporter dari luar kota Majalengka, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar, tidak perlu masuk ke gerbang tol Cileunyi, tapi langsung ke arah Cibiru dan masuk ke Cimencrang.



Jalur lainnya, masuk dari perempatan Gedebage lalu masuk ke jalur peti kemas. Kendaraan besar seperti bus untuk masuk ke stadion, hanya bisa lewat jalur Gedebage ini.

Alternatif lain untuk mobil kecil dan motor, bisa masuk lewat Gordon lalu ke Ciwastra. Bagi bobotoh dari Majalaya dan Ciparaya, bisa lewat ke Sapan.

Bobotoh juga bisa melewati jalur-jalur alternatif tersebut untuk menghindari kemacetan dan penumpukan kendaraan ketika akan masuk area stadion.

"Apabila ada Bobotoh yang memaksakan diri parkir di tol, kendaraan akan diderek oleh petugas tol. Oleh karena itu, Bobotoh lebih baik datang ke stadion, waktunya tidak berdekatan dengan jadwal kick off Persib pukul 18.30 WIB," kata Bram, seperti dilansir situs resmi klub.

Pendukung Persib memadati tribun penonton Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (13/8/2016). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta juga bakal mendapat pengamanan dari 2.500 personel keamanan gabungan. Tidak cuma itu, pihak keamanan juga akan menyiapkan kendaraan taktis (rantis) untuk tim tamu demi keamanan dan juga menyiapkan tim penjinak bom (jibom).

Namun, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus, mengaku belum memastikan berapa jumlah rantis yang akan disiapkan.

"Semuanya akan lebih jelas pada Rakor (rapat koordinasi) yang akan digelar besok di Polda Jabar. Yang pasti, anggota yang diturunkan 2.500 lebih, yang berasal dari polisi dan TNI," jelas Yusri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Sinabung Erupsi 9 Kali dalam 2 Hari

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat Gunung Sinabung di Kabupaten Karo mengalami erupsi sebanyak sembilan kali dalam dua hari terakhir. Pada Kamis dan Jumat, 20-21 Juli 2017, terjadi dua kali dan tujuh kali.

Pada Kamis, erupsi pertama terjadi pada pukul 17.46 WIB yang menyemburkan abu vulkanik setinggi 3.500 meter dan menimbulkan gempa erupsi selama 346 detik. Sedangkan erupsi kedua terjadi pada pukul 23.00 WIB yang juga mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian kolom 3.500 meter dan gempa erupsi selama 357 detik.

Kemudian, pada Jumat terjadi erupsi pada pukul 09.55 WIB yang mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1.300 meter dan gempa erupsi selama 249 detik. Selanjutnya, terjadi lagi erupsi pada pukul 10.17 WIB, pukul 11.03 WIB, pukul 17.31 WIB, pukul 17.54 WIB, pukul 19.59 WIB, pukul 23.08 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dari rangkaian kindisi itu pihaknya menyimpulkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Sinabung masih tinggi. Seperti dilansir Antara, Sabtu (22/7/2017< dia menegaskan saat ini Sinabung masih diberlakukan status "Awas".

BNPB merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga kilometer dari puncak. Selain itu dalam jarak tujuh km untuk sektor selatan-tenggara, jarak enam km untuk sektor tenggara-timur, serta jarak empat km untuk sektor utara-timur.

Masyarakat yang beraktivitas dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diingatkan agar tetap waspada. Sebab telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus yang sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air. Sehingga berpotensi mengakibatkan banjir lahar atau banjir bandang.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

Meninjau pengungsian Gunung Sinabung (Liputan6.com / Reza Efendi)

Sejauh ini dampak erupsi telah mengakibatkan 2.102 kepala keluarga masih menghuni pos pengungsian yang tersebar di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dari jumlah itu, sejumlah keluarga diungsikan sementara dan sejumlah lain harus direlokasi.

Menghadapi kondisi itu, BPBD Kabupaten Karo berupaya melakukan percepatan penanganan pengungsi. Lebih dari dua tahun sebagian dari mereka mengungsi di pos-pos pengungsian.

"Terlalu lama tinggal di pos pengungsian, dikhawatirkan berdampak kepada psikis, khususnya anak-anak. Keberadaan warga di pos pengungsian berpotensi konflik antara pengungsi dan warga setempat," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karo Martin Sitepu, Jumat 21 Juli 2017.

Salah satu upaya penanganan yaitu pembangunan hunian sementara (huntara). Pembangunan huntara sudah sampai tahap penyelesaian akhir. Nantinya, huntara yang lahannya menyewa dari masyarakat setempat dilengkapi listrik dan air.

Sejumlah 348 unit dibangun di empat lokasi seperti Ndokum Siroga 1 (88 unit), Ndokum Siroga 2 (86), Ndokum Siroga 3 (100) dan Tiganderket (74). Keempat huntara diperuntukkan untuk warga Desa Kuta Gugung, Pintubesi, dan Mardinding.

Namun demikian, BPBD kabupaten Karo memikirkan untuk solusi yang lebih hemat, yaitu penyediaan dana untuk sewa rumah dan lahan. Menurut Martin Sitepu, melalui skema bantuan sewa rumah dan lahan lebih murah.

"Pemerintah dapat menghemat hingga Rp 8 milyar per tahun. Terkait dengan ini, kita menegaskan pentingnya data valid, by name by address, yang dikeluarkan melalui surat keputusan bupati," kata Martin Sitepu.

Sejalan dengan tahapan penanganan yang berjalan, pemerintah daerah setempat juga menyiapkan relokasi tahap II dan III. Tahap kedua nantinya dapat menampung 1.683 kepala keluarga, dan tahap III 1.089 kepala keluarga. BNPB dan kementerian/lembaga mendukung upaya pemerintah daerah untuk percepatan penanganan pengungsi Sinabung.

Kepala BNPB Willem Rampangilei menyampaikan, pihaknya menekankan pentingnya kinerja pemerintah daerah. "Percepatan harus dilakukan di daerah, apabila ada permasalahan, kita selesaikan bersama," ucapnya.

Willem juga menegaskan data pengungsi harus akuntabel. BNPB akan memberikan pendampingan untuk penyelesaian masalah data. Willem kembali mengingatkan, arahan Presiden Joko Widodo untuk para pengungsi agar tidak tinggal terlalu lama di pos pengungsi.

Kepala BNPB yang didampingi Bupati Karo, Kementerian PUPR, Kantor Staf Kepresiden, BPBD Provinsi Sumatera Utara meninjau langsung huntara dan huntap di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Karo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pengemudi Uber, dari Bertemu Menteri hingga Layani Miyabi

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

UBER menjadi salah satu platform ride-sharing yang menghubungkan antara masyarakat dengan pengendara. Pelayanan jasa transportasi online ini tengah berkembang di beberapa negara di dunia, temasuk di negara-negara Asia Pasifik.

Baru-baru ini UBER merayakan keberhasilannya menggaet 600 ribu mitra pengemudi di seluruh Asia Pasifik. Sebagai bentuk penghargaan, UBER memilih satu driver dari setiap negara di Asia Pasifik untuk berkeliling Hong Kong. Liputan6.com berkesempatan untuk mengikuti acara tersebut.

Dari hasil perbincangan dengan para driver di beberapa negara, ternyata banyak kisah unik yang dialami para driver dari masing-masing negara tersebut. Seperti driver UBER dari Indonesia bernama Evi Enny Tavipi (52).

Ibu dari tiga anak memiliki kisah unik yang pada akhirnya membawa dirinya bertemu dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise. Evi adalah single mom yang harus banting tulang mencari nafkah demi menyekolahkan tiga anaknya.

"Awalnya saya antar penumpang cewek, kita ngobrol, dan ternyata ibunya penumpang saya ini punya perkumpulan single mom. Dan saya dikenalkan ke Ibu nya. Saya langsung ditawari masuk group WhatsApp," kata Evi saat berbincang dengan Liputan6.com di Hong Kong seperti ditulis, Sabtu (22/7/2017).

Evie Tavipi, Indonesia Partners

Setelah bergabung dengan para single mom tersebut Evi, yang juga mantan Atlet Pelatnas Badminton tersebut mengaku mendapat banyak teman dan inspirasi. Secara keseluruhan, prinsip para single mom itu sama dengan prinsip Evi, untuk tidak pernah menyerah dengan keadaan.

Singkat cerita, para single mom tersebut membuat program motivasi janda-janda di seluruh Indonesia dan program tersebut diajukan ke Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Tak butuh waktu lama, proposal itu diterima dan langsung diminta Menteri Yohana untuk bertemu demi membahas detail rencana tersebut.

"Karena program kami ini dianggap inspiratif, makanya dipanggil Bu Menteri, akhirnya saya bisa ketemu, dan saya senang sekali," tambah Evi.

Di tengah kesibukan hariannya sampai saat ini sebagai driver UBER, berkat pertemuan itu, Evi kini juga menjadi motivator para single mom di Indonesia. Berkat ketekunannya menjadi driver UBER dan sesekali menjadi motivator ini, Evi mampu menyekolahkan anak pertamanya hingga ke Korea Selatan. "Besok akhir tahun saya ke Korea, anak saya mau wisuda," tegas dia.

Hal yang tak kalah unik adalah driver dari Filipina, Maya Tumanda (27). Wanita ini menceritakan ada dua momen yang dirinya tidak akan pernah terlupakan selama menjadi driver UBER. Pertama, dirinya mengaku bangga ketika berhasil menginspirasi orang lain.

Maya Tumanda, Philipines Partner

"Penumpang saya saat itu laki-laki, saat itu dia terkejut kalau saya perempuan. Singkat cerita saya ahirnya dikenalkan dengan istrinya, dan pada akhirnya istri penumpang saya itu ikut joint menjadi driver UBER. Saya bangga bisa menginspirasi orang lain," ceritanya.

Pengalaman kedua, Maya dipertemukan dengan mantan artis porno Maria Ozawa atau yang akrab dipanggil Miyabi. "Maria Ozawa sekarang sering di Filipina, karena kekasih dia orang Filipina, dan saya sempat terkejut saat itu," ucap dia.

Tak mau kalah dengan Maya, driver asal Malaysia, Razman Bin Abdul Rahim (47) juga pernah membawa orang-orang terkenal. Razman menceritakan setidaknya sudah puluhan orang terkenal yang pernah diantarkannya. Orang-orang terkenal tersebut mayoritas adalah pesepakbola dunia.

"Saya pernah antarkan William Gallas, Louis Saha, Stand Collymore. Bahkan saya sampai bisa di ajak join ke acaranya, walaupun sekedar untuk minum kopi," ujar Razman.

Sampai saat ini, UBER telah memiliki mitra pengemudi di seluruh dunia mencapai 2 juta orang. Seluruh mitra pengemudi tersebut tersebar di 600 kota di 76 negara. (Yas)

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jatuh Bangun Waldjinah Lestarikan Musik Keroncong

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

Di usianya yang semakin menua, Waldjinah tetap setia dengan musik keroncong. Tak ingin punah, ia tetap berusaha melestarikannya. Bukannya dengan bernyanyi di panggung, tapi penyanyi langganan Istana Negara saat peringatan 17 Agustus ini melestarikannya dengan eksis menjadi orang di balik layar Solo Keroncong Festival (SKF).

Solo Keroncong festival (SKF) 2017 digelar Jumat-Sabtu, 21-22 Juli 2017 di Benteng Vastenburg. Ini adalah kali kedua bagi Waldjinah untuk berada di belakang layar semenjak kembali bugar setelah sejak tahun 2012 keluar masuk rumah sakit. Pelantun Walang Kekek ini pernah mengalami penyumbatan jantung, gelaja stroke hingga gangguan pencernaan.

"Pokoknya tetap melestarikan keroncong. Sudah nggak dibolehkan nyanyi lagi sama anak-anak. Daripada nanti sakit lagi. Sekarang kegiatannya di belakang layar SKF, " kata Waldjinah di kediamannya, Jumat, 21 Juli 2017.

Walau sudah kembali bugar, gerak Waldjinah tetap terbatas. Saat keluar rumah dan harus berjalan jauh, dia harus menggunakan bantuan kursi roda. Bahkan setiap seminggu sekali, dia harus melakoni terapi untuk kesehatan perutnya selepas gangguan lambung dan pencernaannya.

"Biasanya tukang terapinya dibawa sini, kadang juga saya ke sana. Rumahnya di Sukoharjo, " kata penyanyi kelahiran 7 November 1945 ini.

Di usianya yang semakin menua, Waldjinah tetap setia dengan musik keroncong. Tak ingin punah, ia tetap berusaha melestarikannya. (Foto: Fajar Abrori)

Di sela-sela itu, ia juga harus woro-wiri mencari sponsor untuk acar Solo Keroncong Festival. Gelaran ini merupakan event dari Pemkot Solo. Mengingat dana terbatas, Waldjinah yang ikut dalam kepanitiaan, juga harus 'bergerak' agar acara untuk pelestarian musik keroncong ini tetap terlaksana. "Ya memang capek, tapi harus (dilakukan, red) demi keroncong, " ucap dia.

SKF 2017 mengambil tema Geliat Kawula Muda Wasis Bermain dan Bernyanyi Keroncong. Ada sembilan grup orkes keroncong yang berpartisipasi, antara lain OK Pandawa (Solo), OK Rinonce (Yogyakarta), OK Pempek (Kediri) dan OK Wahyu Tumurun (Solo), OKM Sendratasik Unnes (Semarang), OK Gita Abadi (Tulungagung), OK Ranisinar (Bandung), OK Marlubu (Malang) dan OK SKF 17 (Solo).

"SKF 2017 ini kita fokuskan untuk kawula muda yang ingin mengekspresikan keroncong, keroncong variasi, keroncong rok. Kita memberikan kebebasan kepada anak muda untuk berekspresi,," jelas Ary Mulyono, Steering Comitte SKF 2017.

Waldjinah menambahkan perkembangan musik keroncong sudah bagus. Sebagai musisi, ia tidak anti dengan perubahan. Buktinya, ia mendukung anak-anak muda untuk melakukan eksplorasi musik keroncong. "Mau didangdutkan ya silahkan. Yang suka orkestra juga monggo. Atau yang suka musik rock dan dipadukan keroncong juga boleh, " ungkap Waldjinah.

Fajar Abrori

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Lanjutkan Proyek Jalur Kereta Terpanjang di Dunia

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

Pekerja mengawasi proyek pembangunan Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Jalur kereta bawah tanah ini melebihi New York-Chicago dengan panjang total 830 kilometer. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja mengawasi proyek pembangunan Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Jalur kereta bawah tanah ini melebihi New York-Chicago dengan panjang total 830 kilometer. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja menyelesaikan Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Jalur kereta bawah tanah ini memiliki 14 jalur dan 337 stasiun dengan total panjang jalur 548 kilometer. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja menyelesaikan Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Jalur kereta bawah tanah ini memiliki 14 jalur dan 337 stasiun dengan total panjang jalur 548 kilometer. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Penumpang menaiki kereta jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Jalur kereta bawah tanah Shanghai pertama dibuka pada 1993. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Penumpang menaiki kereta jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Jalur kereta bawah tanah Shanghai pertama dibuka pada 1993. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Calon penumpang berada di stasiun kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Pada tahun 2013, Shanghai Metro menempati posisi ketiga dalam jumlah penumpang angkutan cepat di dunia dengan angka 2,5 miliar perjalanan. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Calon penumpang berada di stasiun kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Pada tahun 2013, Shanghai Metro menempati posisi ketiga dalam jumlah penumpang angkutan cepat di dunia dengan angka 2,5 miliar perjalanan. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja menyelesaikan Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Pada 31 Desember 2014, puncak perjalanan mencapai angka 10,286 juta. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja menyelesaikan Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). Pada 31 Desember 2014, puncak perjalanan mencapai angka 10,286 juta. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja dibantu alat berat menyelesaikan pembangunan Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai, China (11/7). Pada hari kerja, jumlah perjalanan Shanghai Metro mencapai 8 juta per harinya. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja dibantu alat berat menyelesaikan pembangunan Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai, China (11/7). Pada hari kerja, jumlah perjalanan Shanghai Metro mencapai 8 juta per harinya. (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja memeriksa pipa proyek Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pekerja memeriksa pipa proyek Line 14 jalur kereta bawah tanah Shanghai (11/7). (AFP Photo/Johannes Eisele)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sakit Perut, 200 Batu Kerikil Bersarang di Perut Wanita Ini

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

Ahli bedah di Rumah Sakit Guanji, Hezhou, Tiongkok, baru-baru ini dibuat kaget setelah mengeluarkan lebih dari 200 batu dari kantong empedu dan hati seorang perempuan berusia 45 tahun.

Kondisi langka tersebut dialami perempuan bernama Chen. Dia rupanya telah mengalami sakit perut selama lebih dari satu dekade. Ketika diperiksa untuk pertama kalinya, dokter menunjukkan penyebab masalah tersebut karena adanya beberapa batu di kantong empedu dan hatinya.

Dokter akhirnya memintanya menjalani operasi untuk menyingkirkan batu-batu tersebut dari perutnya. Selama satu setengah jam melakukah bedah, tim medis pun berhasil memindahkan lebih dari 200 batu dari kantong empedu dan hatinya, mulai dari kerikil-kerikil kecil hingga batuan seukuran telur cicak.

Seperti diberitakan Odditycentral, Sabtu (21/7/2017), dr Quan Xuwei, salah satu ahli bedah yang menangani Chen mengatakan bahwa sejumlah besar batu tidak biasa. Munculnya batu-batu itu mungkin disebabkan pola makan yang buruk.

Ternyata, Chen sering melewatkan sarapan pagi dan memakan sisa makanan pada jam-jam yang tidak teratur. Hal itu menyebabkan empedu membangun di kantong embedu, kadar kalsium dan kolesterol tinggi sehingga mengkristal menjadi batu.

Dr Quan menambahkan bahwa banyak pasien mengalami kondisi serupa karena memiliki kebiasaan lupa sarapan atau terburu-buru makan. Namun, teori melewatkan sarapan yang bisa mengakibatkan terbentuknya kantong empedu dan batu hati tidak didikung oleh bukti medis.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rajin Olahraga Saat Hamil Pangkas Risiko Melahirkan Caesar

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

Jangan tinggalkan olahraga saat hamil. Studi ilmiah menunjukkan, wanita hamil yang tetap olahraga saat hamil besar lebih mungkin melahirkan secara normal.

Menurut peneliti dari Inggris, bila saat hamil ibu tetap aktif dan menjalankan diet sehat seimbang membuat berat badan tidak naik signifikan. Dengan kenaikan berat badan normal selama hamil menurunkan risiko melahirkan caesar hingga 10 persen.

"Dari 40 wanita yang menjalankan diet sehat dan olahraga moderat saat hamil, hanya ada satu wanita yang melahirkan dengan operasi caesar," kata Profesor Shakila Thangaratinam dari Queen Mary University of London, Inggris mengutip Boldsky, Sabtu (22/7/2017).

Menurut Shakila, temuan ini penting untuk meyakinkan ibu agar tak perlu takut berolahraga. Asalkan olahraga dilakukan dalam level moderat tidak akan membahayakan janin.

Satu lagi, rutin olahraga saat hamil menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan berlebih. Bila berat badan bayi normal, kecil kemungkinan dia bakal memiliki berat badan berlebih nantinya.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diprotes Karena Berbikini Usai Menikah, Tyas Mirasih Naik Darah

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

Dua pekan sudah Tyas Mirasih menjadi istri dari Raiden Soedjono. Meski sudah berumah tangga, kehidupan Tyas tampaknya tak bisa jauh dari yang namanya haters.

Baru-baru ini Tyas Mirasih mengunggah foto dirinya mengenakan bikini two piece warna putih yang super seksi dengan luaran hitam tipis. Sejatinya, ini bukan kali pertamanya Tyas mengunggah foto dirinya berbikini.

 Tyas Mirasih dan Raiden Soedjono [foto: instagram/tyasmirasih]

Dan untuk sekian kalinya, bikini yang dikenakan Tyas Mirasih merupakan barang endorse. "Bikin seperti kentang goreng. Kamu tidak bisa hanya punya satu. Bikini & luaran dari @bikini_sundae," tulisnya di keterangan foto.

Sayangnya, selain pujian banyak juga warganet yang memprotes bintang film Air Terjun Pengantin itu. Mereka merasa tidak sepantasnya tampil berbikini di muka umum setelah punya suami.

"cantik kak @tyasmirasih tp lebih cantik klo pkaian kyak gt d dpan suami ny aj," ujar @astrri09.

"Suami ya kemna ko di bolehin," sahut @zasskiasiska.

"Yg dosa suami nya membiarkan istri memperlihatkan aura pada umum," @irahiiranii menimpali

 Tyas Mirasih kenakan bikini.

Bahkan tidak sedikit komentar yang menjerumus ke arah yang lebih sensitif. Melihat banyaknya komentar negatif, Tyas Mirasih pun naik darah.

"@rcpratama25 Gue perasaan ngga baru skali post bikini. Hahaha.. baru main IG apa gmn? Jgn norak2 amat lah," ujar Tyas Mirasih menjawab salah satu komentar netizen.

 Tyas Mirasih dan Raiden Soedjono [foto: instagram/tyasmirasih]

Tyas Mirasih pun menegaskan kalau yang mengambil foto tersebut tak lain adalah suaminya sendiri, Raiden Soedjono. "@zasskiasiska ada nih yg fotoin dia. Hahahahahahahhaa," ujar artis 30 tahun itu.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Despacito Jadi Lagu Paling Banyak Diputar Sepanjang Masa

Posted: 21 Jul 2017 10:00 PM PDT

Lagu berjudul Despacito yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee bisa dibilang sedang berada di puncaknya.

Kepopuleran lagu Despacito terbukti dari jumlah penontonnya di laman berbagi video YouTube. Menurut sebuah laporan yang dipublikasikan Quartz, videoklip Despacito sudah disaksikan lebih dari 2,5 miliar kali.

Laporan terbaru, kini Despacito jadi lagu yang paling banyak diputar sepanjang masa. Mengutip laman The Guardian, Sabtu (22/7/2017), lagu itu sudah diputar sebanyak 4,6 miliar kali di seluruh dunia melalui berbagai platform music streaming.

Data ini dipublikasikan oleh Universal Music Latin Entertainment. Dengan begitu, lagu 'Sorry' yang dipopulerkan Justin Bieber berada di posisi kedua dan diputar sebanyak 4,38 miliar kali.

CEO Universal Lucian Grainge menggembar-gemborkan pencapaian luar biasa itu dengan mengatakan, "(Platform) Streaming telah membuka kemungkinan sebuah lagu dengan irama, bahasa, dan budaya berbeda menjadi yang paling banyak didengarkan di dunia."

Despacito sendiri sudah berada di puncak tangga lagu Inggris selama sembilan minggu berturut-turut. Di Amerika pun lagu ini menempati pucak tangga lagu.

Pencapaian ini, kata Grainge, juga dibantu dengan layanan music streaming seperti Spotify yang menyediakan berbagai jenis lagu, termasuk jenis musik pop Latin yang selama ini hanya dinikmati di negara asalnya.

Tidak hanya Despacito, beberapa lagu pop Latin lain yang juga populer di Spotify di antaranya adalah 'Mi Gente' yang dinyanyikan J Balvin, Felices Los milik Maluma, dan 'Me Rehuso' milik Danny Ocean. 

(Tin/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola Hari Ini, 22 Juli 2017

Posted: 21 Jul 2017 09:45 PM PDT

AC Milan berusaha menunjukkan kualitas saat bertemu Bayern Munchen pada kompetisi pramusim International Champions Cup (ICC) kawasan Tiongkok.

Bertanding di Longgang Stadium, Shenzhen, AC Milan ingin membuktikan kesiapan menyambut 2017/2018 setelah belanja besar pada bursa transfer.

Terlebih pasukan Vincenzo Montella dipermalukan Borussia Dortmund 1-3 pada penampilan pertama di ICC, Selasa (18/7/2017).

Dari ICC kawasan Amerika Serikat, Barcelona menantang Juventus di MetLife Stadium, East Rutherford, Minggu (23/7/2017) pagi. Disusul kemudian duel Paris Saint-Germain dan Tottenham Hotspur di Camping World Stadium, Orlando.

Di Hong Kong Stadium, Liverpool dan Leicester City memperebutkan Premier League Asia Trophy. Kedua tim masuk final usai mengalahkan lawan masing-masing pada pertandingan pertama.

Berikut jadwal pertandingan turnamen pramusim.

International Champions Cup
Sabtu (22/7/2017)

16.35 WIB: Bayern Munchen vs AC Milan

Minggu (23/7/2017)

05.05 WIB: Juventus vs Barcelona
07.05 WIB: Paris Saint-Germain vs Tottenham Hotspur

Premier League Asia Trophy
Sabtu (22/7/2017)

17.00 WIB: West Bromwich Albion vs Crystal Palace
19.30 WIB: Leicester City vs Liverpool

Saksikan video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jangan Sampai Anak-Anak Indonesia Dididik Medsos

Posted: 21 Jul 2017 09:35 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para guru untuk mengantisipasi perubahan yang ada di dunia saat ini. Anak-anak harus mendapatkan pendidikan karakter sehingga tidak terkontaminasi pengaruh buruk media sosial.

"Jangan sampai anak-anak kita dididik oleh medsos. Jangan sampai anak-anak kita dididik oleh perubahan yang merusak karakter kita. Hati-hati, semuanya harus mempersiapkan ini," kata Jokowi saat membuka Rakorpimnas PGRI di Sahid Jaya Hotel, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (22/7/2017).

Pendidikan memegang peran vital dalam membentuk karakter anak bangsa. Siswa harus memiliki fondasi karakter yang kuat sehingga tidak tergerus arus perubahan zaman. Dan sudah pasti, peran guru sangat diperlukan dalam mendidik siswa.

"Pendidikan adalah jalan panjang sebuah bangsa untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada dalam membangun martabat bangsa ini," imbuh dia.

Perubahan tidak akan bisa ditolak lagi. Sehingga antisipasi yang tepat dapat menjaga anak-anak dari arus globalisasi.

"Bagaimana kita mengantisipasi agar perubahan itu bisa kita kendalikan, bisa kita kontrol, dan menangkan dengan mengisi anak-anak kita dengan hal-hal terutama yang berkaitan dengan karakter," ujar Jokowi.


Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus KPK Berantas Korupsi Selain Operasi Tangkap Tangan

Posted: 21 Jul 2017 09:34 PM PDT

Sudah bukan rahasia, operasi tangkap tangan merupakan salah satu keunggulan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi. Namun, KPK juga punya jurus lain dalam pemberantasan korupsi.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengungkapkan jurus itu adalah pencegahan. KPK biasanya terlebih dahulu memperingatkan instansi yang diduga rawan korupsi.

Oleh karena itu, dia menampik tudingan KPK hanya melakukan penindakan tanpa pencegahan.

"Pertama saya mau jelaskan, contohnya ada satu kasus di satu kementerian kita lakukan OTT, di depan OTT itu hampir selalu banyak sekali kita itu sudah masuk sebenarnya," ujar Saut di Gedung KPK, Kuningan, Persada, Jakarta Selatan, Jumat 21 Juli 2017.

Saut mencontohkan, OTT yang dilakukan terhadap pejabat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sebelum melakukan OTT, lanjut dia, KPK telah memperingatkan Kemendes PDTT untuk tak melakukan suap terkait penerbitan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

"Kementerian yang terakhir (OTT) kemarin itu, kita sudah masuk sebenarnya, bahkan kita sudah memasukan agen perubahan, tapi nyatanya enggak berubah-berubahkan," kata Saut di KPK.

 

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jawab Nama-Nama Suku, Mahasiswa UGM Tagih Sepeda ke Jokowi

Posted: 21 Jul 2017 09:33 PM PDT

Presiden Joko Widodo tidak pernah absen memberi kuis dalam setiap kehadirannya di tengah masyarakat. Demikian pula saat ia membuka acara Kongres Pancasila IX UGM di Halaman Balairung Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Setelah menyampaikan amanat selama 10 menit, Presiden ke-7 RI itu melemparkan sebuah pertanyaan kepada para mahasiswa yang hadir. Ia meminta seorang mahasiswa maju dan menjawab 10 dari 714 suku yang ada di Indonesia.

"Kalau biasanya saya minta sebut lima, sekarang saya minta 10, kalau di UGM saya sebut lima gampang banget," kata pria yang karib disapa Jokowi ini, Sabtu (22/7/2017).

Seorang mahasiswa maju. Ia memperkenalkan diri sebagai mahasiswa yang berasal dari Wonogiri dan bernama Hari Kisnanto atau Boeboe.

Dengan lancar, Boeboe menyebutkan suku-suku yang ada di Indonesia, Jawa, Betawi, Sunda, Batak, Dayak, Minang. Memasuki suku ketujuh, pemuda itu berpikir. Jokowi pun menyahut, "Jangan pakai eee..."

"Dani, Pak," kata Boeboe melanjutkan. 

Presiden Jokowi di Yogyakarta (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Ia menyebutkan suku lain yakni Asmat dan kembali terhenti di suku kesembilan. Jokowi memberi petunjuk suku di sebuah pulau dekat Surabaya dan berhasil dijawab benar, yakni Madura.

Suku terakhir yang disebut Boeboe adalah Bugis, itu pun setelah Jokowi kembali memberi petunjuk suku yang berada di Sulawesi Selatan dan terkenal dengan aktivitas berlayar.

"Kalau menyebut nama suku dari tempat duduk mudah, tetapi kalau berdiri di sini jadi lupa," Jokowi berkomentar.

Boeboe pun menyalami Jokowi sebelum turun dari podium. "Enggak dapat sepeda ini, Pak?" tanya Boeboe kepada Jokowi yang disambut gelak tawa hadirin.

Jokowi menjawab akan mengirimkan sepeda dari Jakarta dan meminta petugas mencatat nama mahasiswa tersebut. 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belotti Mahal, AC Milan Segera Boyong Striker Fiorentina

Posted: 21 Jul 2017 09:30 PM PDT

Striker Fiorentina, Nikola Kalinic, dikabarkan akan menandatangani kontrak dengan AC Milan pada Senin (24/7/2017). Menurut kabar terakhir, kesepakatan antara Milan dan Fiorentina soal Kalinic, selangkah lagi akan tercapai.

Dilansir Corriere della Sera, Senin adalah waktu yang tepat bagi Milan untuk merampungkan negosiasi, sekembalinya dari tur pramusim di Tiongkok. Disebut-sebut, AC Milan akan menebus Kalinic dengan biaya 33 juta euro. Rinciannya, 27 juta euro akan dibayar di muka, sedangkan 6 juta euro lagi akan menyusul dalam bentuk bonus.

Kepastian bahwa Kalinic akan segera berseragam I Rossoneri pun diperkuat dengan tidak diikutsertakannya penyerang Kroasia itu dalam persiapan pramusim Fiorentina, kemarin. La Viola tampaknya sudah pasrah kehilangan Kalinic, yang telah menjadi mesin gol mereka dalam dua musim terakhir.

Kontrak Kalinic bersama Fiorentina sejatinya baru akan berakhir Juni 2019. Pemain jebolan akademi Hajduk Split itu direkrut pada 2015 dari Dnipro seharga 5,5 juta euro. Musim lalu, mantan penyerang Blackburn Rovers itu mencetak 20 gol dalam 42 penampilan di semua kompetisi.

Apakah dia bakal jadi pembelian terakhir AC Milan? Soalnya, Milan dikabarkan juga masih ingin mendatangkan gelandang muda Bayern Munchen.

Nikola Kalinic ( ANDREAS SOLARO / AFP)

Sementara itu, Direktur Olahraga Milan, Massimiliano Mirabelli membantah anggapan bahwa Kalinic hanyalah penyerang incaran nomor dua setelah Andrea Belotti. Seperti yang selama ini tersiar, Milan menjatuhkan pilihan pada Kalinic setelah kesulitan mendapatkan penyerang Torino itu lantaran harganya terlalu mahal.

Torino memasang banderol 100 juta euro yang bagi Milan tak masuk akal untuk dipenuhi. "Kalinic pilihan kedua? Bagi wartawan mungkin begitu. Tapi bagi kami, tidak ada yang pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya," ujarnya.

"Sejauh ini kami memandang mereka semua pilihan pertama. Sebab kami juga harus mengombinasikan hal teknis dan pertimbangan finansial. Kalinic juga pemain hebat kok. Sama seperti Belotti. Bedanya hanya di soal umur saja," Mirabelli menambahkan. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hollywood Adaptasi Manga One Piece ke Serial TV

Posted: 21 Jul 2017 09:30 PM PDT

Kisah One Piece telah menghiasi para pencinta komik Jepang (manga) di seluruh dunia. Buah karya Eiichiro Oda ini tak terasa sudah berjalan 20 tahun sejak diterbitkan pertama kali pada 1997. Namun, sebuah kabar tak terduga baru saja datang.

Seperti disampaikan Comicbook.com, Kamis (20/7/2017), sebuah kabar dari Yahoo! Japan menyebutkan bahwa pengarang One Piece, Eiichiro Oda, telah mengonfirmasi bahwa manga ciptaannya itu akan diadaptasi menjadi sebuah serial televisi hidup (live-action).

Anime One Piece. (Toei Animation)

Tak tanggung-tanggung, serial televisi One Piece akan dikerjakan oleh para sineas Hollywood. Pengumumannya sendiri bertepatan dengan ulang tahun One Piece yang ke-20. Tomorrow Studios yang pernah menggarap serial TV Prison Break bakal mengawasi proyek ini.

Hingga kini, baru Marty Adelstein yang pernah menjadi executive producer serial Prison Break, merupakan satu-satunya nama yang terlibat dalam proyek serial hidup One Piece. Ia kemungkinan besar akan menjadi salah satu produser serial ini.

Belum lama ini, Eiichiro Oda menulis sebuah pesan di ulang tahun One Piece yang ke-20 mengenai janjinya bahwa mahakarya ciptaannya itu pasti akan tamat. Ia mempublikasikan pesannya itu setelah chapter 872 dirilis.

Manga paling laris One Piece akhirnya memiliki sebuah cerita sampingan atau yang biasa disebut spinoff.

"Suatu hari, bahkan cerita Luffy dan kawan-kawan akan berakhir. Kalau kalian terus melanjutkan petualangan bersama mereka sampai saat itu, saya akan sangat bahagia. Terima kasih untuk 20 tahun ini, dan saya harap kalian memberikan dukungan bagi kami 'sedikit lebih lama lagi'," kata Oda seperti dilansir dari Jurnalotaku.com.

Hingga kabar ini dimuat, One Piece telah dirilis hingga 85 jilid manga serta 800 episode anime televisi dan juga 13 film animasi. Manga ini diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo. Kisahnya sendiri berkisar seorang pemuda bernama Luffy yang berkelana di lautan sambil mencari rekan-rekan baru demi bisa menjadi raja bajak laut.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pemain dengan Kaki Terkuat, Ada Eks Striker MU

Posted: 21 Jul 2017 09:15 PM PDT

Zlatan Ibrahimovic harus mengakhiri musim 2016-17 bersama Manchester United (MU) dengan lebih cepat. Striker 35 tahun itu mengalami cedera lutut parah yang harus membuatnya menepi hingga akhir tahun ini.

Namun, Ibrahimovic yang tak mendapat perpanjangan kontrak dari MU di akhir musim 2016-17, ternyata membuat tim dokter terkejut. Ahli bedah ortopedi dan spesialis kedokteran olahraga Dr Freddie H Fu di Pittsburgh University Hospital mengatakan kondisi lutut Ibrahimovic lebih baik dari yang diperkirakan.

"Dia memiliki lutut yang hampir tidak mungkin dimiliki seorang pesepak bola dengan karier selama 20 tahun. Lututnya cukup bersih, tidak ada yang salah di dalamnya," kata agen Ibrahimovic, Mino Raiola, soal pernyataan Dr Freddie.

Tidak bisa dimungkiri, sepak bola adalah salah satu olahraga paling melelahkan di dunia. Karena itu, memiliki kaki yang kuat sangat dibutuhkan pesepak bola.

Dengan kaki yang kuat, seorang pemain tidak hanya mampu melepaskan tendangan yang keras. Tetapi, juga akan menunjang kemampuannya dalam berlari atau duel dalam bola-bola di udara. Berikut empat pesepak bola dengan kaki terkuat seperti dinukil dari Sokka.

Saksikan video menarik berikut ini:

Didier Drogba. (AFP)

Didier Drogba adalah salah satu striker terhebat di Liga Premier Inggris yang pernah ada. Eks pemain Timnas Pantai Gading itu adalah tipikal striker tunggal modern. Dia tak cuma diberkati kemampuan mencetak gol. Tapi, juga menciptakan peluang untuk mencetak go bagi rekan-rekannya

Selama bermain di Chelsea, Drogba benar-benar membangun reputasinya sebagai salah satu striker terkuat. Dengan kecepatan dan kekuatan otot yang luar biasa. dia diberkati dengan sepasang kaki yang kuat.

Cristiano Ronaldo. (Reuters/Sergio Perez)

Cristiano Ronaldo mungkin memamerkan kelincahan dan kekuatan kakinya dalam mengolah si bola pada kesempatan yang tak menentu. Bintang Real Madrid itu tidak membanggakan kakinya yang kuat dalam permainan. Meski demikian, kakinya adalah karya seni.

Kekuatan kaki Ronaldo yang luar biasa membantu dia untuk melepaskan tendangan keras dari luar kotak. Bahkan, tak jarang tendangan bebasnya memiliki kekuatan dan kecepatan yang sulit diantisipasi kiper lawan.

Hulk. (AFP/Jason Connolly)

Striker asal Brasil ini memilik postur tubuh layaknya bintang WWE. Namun, dia tidak terlalu mengandalkan postur tubuhnya kekar itu.

Hulk adalah salah satu pemain paling jujur dan hampir tidak memiliki pengalaman buruk dengan lawan atau wasit. Tetapi, ia memiliki sepasang kaki yang kuat. Tendangan kaki kanan maupun kiri membuat kiper lawan kesulitan untuk menahan atau mengantisipasi bola yang dilesakkannya.

Zlatan Ibrahimovic. (Reuters/Phil Noble)

Zlatan Ibrahimovic memiliki kondisi yang prima. Meski sudah berusia 35 tahun, dia selalu menjadi ancaman utama bek lawan. Tak hanya dalam duel udara, tapi juga bola bawah.

Ibrahimovic punya sepasang kaki yang kuat. Jelas kemampuan udara mantan striker Manchester United itu sangat bergantung pada kekuatan otot kakinya.

Kekuatan otot kaki Ibrahimovic dibenarkan tim dokter yang menangani cedera lututnya. Tim dokter mengatakan Ibrahimovic punya lutut yang bahkan pemain berusia 20 tahun tak bisa punya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepada Mahasiswa, Jokowi Cerita Kekaguman Dunia pada Indonesia

Posted: 21 Jul 2017 09:13 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Kongres Pancasila di UGM Yogyakarta. Di depan peserta yang terdiri dari mahasiswa, akademisi dan pelajar dia menceritakan kekaguman negara-negara lain kepada Indonesia. Dengan banyaknya suku dan wilayah yang luas, masyarakat tetap bisa memahami dan hidup rukun.

Jokowi menyampaikan kepada para pimpinan negara di dunia, Indonesia terdiri dari 17 ribu pulau, 714 suku, dan 1.100 lebih bahasa daerah. Para pemimpin negara itu menanyakan bagaimana Jokowi bisa berkomunikasi dengan semua masyarakat, mengelola, dan menjaga agar tetap rukun.

"Apakah hafal bahasa bahasa daerah semuanya, ndak saya enggak ngerti. Terus pakai bahasa apa? Saya sampaikan memakai Bahasa Indonesia yang semua rakyat kita tahu dan mengetahui. Dan bisa berbahasa Indonesia betul-betul mereka sangat kagum sangat mengagumi bangsa kita Indonesia," kata Jokowi pada mahasiswa di Kongres Pancasila di Balairung UGM, Yogyakarta, Sabtu (22/7/2017).

Dia mengatakan, tidak mudah memang mengelola bangsa yang besar seperti Indonesia. Afghanistan bahkan belajar dari Indonesia dalam hal mengelola segala perbedaan menjadi sebuah kekuatan.

Afghanistan hanya dengan 40 kelompok diterpa konflik yang tak kunjung usai. Padahal, Afghanistan memiliki sumber daya alam yang sangat baik.

Jokowi bisa menjawab dengan mudah, ketika ditanya Presiden Afghanistan Ashraf Ghani soal menjaga persatuan dan kerukunan di Indonesia. Jawabannya tentu karena Indonesia punya Pancasila.

"Jawaban saya sederhana, karena Indonesia memiliki Pancasila. Sekali lagi Indonesia karena Indonesia memiliki Pancasila, jangan melupakan ini," ujar Jokowi.

Dia mengatakan, apa yang terjadi pada Afghanistan harus menjadi catatan khusus bagi Indonesia. Jangan sampai, konflik itu malah timbul di Indonesia.

"Insya Allah nanti sampai di hari akhir kita tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Jokowi.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AISIN Luncurkan Pelumas Sejernih Air Minum

Posted: 21 Jul 2017 09:12 PM PDT

PT Berkat Otopart Indonesia (BOI) selaku distributor suku cadang merek AISIN kini melebarkan kuku bisnisnya di pasar otomotif nasional dengan meluncurkan produk baru berupa pelumas atau oli dengan nama AISIN Lubricants.

Menurut Assistant Sales Manager Aftermarket Group BOI, Benny W Liem, pelumas yang diluncurkan ini terdiri dari oli mesin dan oli transmisi otomatis.

"Basic AISIN ini kan engine parts, jadi otomatis sudah tahu spesifikasi yang dibutuhkan untuk mesin itu seperti apa. Jadi tim engineering mereka sudah tahu untuk mobil apa, terlebih untuk mobil Jepang," jelas Benny saat peluncurannya di Gedung Sumber Berkat di Petojo Utara, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2017).

Kata Benny, oli AISIN merupakan OE Suplier untuk mendukung jeroan mesin seperti piston, Oil Pump, Oil Control Valve, Variable Valve, Timing, dan lainnya.

Benny mengklaim, oli AISIN telah menggunakan Synthetic-base oil, dimana kandungan oli memiliki tingkat kejernihan yang setara dengan air minum, namun tetap memberikan performa maksimal, pelindung ekstra, dan mampu digunakan dalam mesin mobil bertemperatur ekstrem.

Untuk oli transmisi otomatis, AISIN menyediakan tiga produk yakni AFW, AFW+, dan CFEx. Fungsi ketiga produk ini berbeda tergantung spesifikasi mobil yang digunakan.

Sementara untuk oli mesin, AISIN menawarkan enam produk sekaligus yang terdiri dari oli mesin bensin dan oli mesin diesel.

Untuk oli mesin bensin tersedia Semi Synthetic Motor Oil SN/CF 10W-40, Semi Synthetic Motor Oil SN/CF 10W-30, Synthetic Motor Oil SN/CF 5W-40, Synthetic Motor Oil SN/CF 5W-30.

Sedangkan mesin diesel terdiri dari Synthetic Motor Oil CI-4/SL 10W-40 dan Synthetic Motor Oil CI-4/SL 15W-40.

Soal harga, oli transmisi otomatis AISIN dijual mulai dari satu liter sampai empat liter dengan banderol antara Rp 90 ribu sampai Rp 480 ribu.

Sementara untuk harga oli mesin bensin Rp 90 ribu sampai Rp 418 ribu, dan mesin oli diesel Rp 62 ribu sampai Rp 311 ribu.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Harga Smartphone Terbaru Paling Diburu

Posted: 21 Jul 2017 09:09 PM PDT

Daftar harga smartphone terbaru paling diburu para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari vokalis Linkin Park Chester Bennington yang meninggal dunia akibat bunuh diri.

Dukacita pun tak hanya dirasakan oleh keluarga, teman-teman dekat, dan sesama penyanyi, tetapi juga fans di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini. 

1. Pantau Harga Smartphone Idaman Kamu di Sini

Menjelang akhir pekan dan akhir bulan Juli, tim Tekno Liputan6.com kembali menyapa pembaca dengan ulasan daftar harga smartphone.

Gionee S10

Kali ini, kami akan menampilkan daftar harga smartphone dari 14 vendor ternama mulai dari Apple, Samsung, Oppo, hingga Vivo dengan harga yang juga beragam: Rp 1 jutaan hingga Rp 1 jutaan.

Perlu dicatat, daftar harga ini berdasarkan ketersediaan unit di Erafone.com. Nah, segera siapkan budget Anda.

Baca selengkapnya di sini 

2. Pendiri Apple: iPhone Memang Mahal, tapi Harganya Masuk Akal

iPhone adalah smartphone yang selalu dibanderol dengan harga tinggi. Ambil contoh, harga paling murah untuk iPhone 5 varian 32GB saja bisa dipatok di atas Rp 2 jutaan.

Apple Disarankan Jangan Pecat Tim Cook

Memang, setiap kali iPhone terbaru dirilis, harganya pasti selalu di atas Rp 10 jutaan. Padahal, nominal setinggi itu bisa untuk membeli dua jenis flagship smartphone Android besutan Tiongkok, yang dilego setengah dari harga iPhone terbaru.

Bagaimanapun, Apple tetap konsisten membanderol setiap iPhone terbarunya dengan harga yang tinggi. Fakta tersebut senada dengan pernyataan yang disampaikan pendiri Apple Steve Wozniak belum lama ini.

Baca selengkapnya di sini 

3. Ucapan Dukacita untuk Chester Bennington Mengalir di Twitter

Vokalis Linkin Park Chester Bennington dilaporkan meninggal dunia akibat bunuh diri, Kamis 20 Juli 2017 waktu Amerika Serikat.

Chester Bennington

Kepergian vokalis band yang begitu terkenal di tahun 2000an awal ini menyisakan duka mendalam di seluruh dunia.

Dukacita pun tak hanya dirasakan oleh keluarga, teman-teman dekat, dan sesama penyanyi, tetapi juga fans di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Penempatan di Sintang, 34 Guru 'Angkat Tangan'

Posted: 21 Jul 2017 09:01 PM PDT

 

Jumlah guru garis depan (GGD) yang mengundurkan diri saat akan ditempatkan di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat terus bertambah. Sebelumnya yang mengundurkan diri berjumlah 26 orang, namun kini bertambah menjadi 34 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Palentinus, mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa dengan banyaknya para GGD yang mengundurkan diri.

Saat penandatanganan SK CPNS, pihaknya akan menyampaikan kepada pemerintah pusat agar memprioritaskan anak - anak daerah dalam perekrutan GGD.

Wakil Bupati Sintang Askiman menilai banyaknya guru garis depan (GGD) yang baru diangkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundurkan diri karena pemerintah pusat kurang mengutamakan putra daerah.

"Jelas tidak mungkin orang Sumatera mau ditempatkan di ujung Ketungau yang belum ada listrik dan jalannya rusak," katanya.

Dia mengatakan, tentu kasihan jika suami harus pergi membawa istri dan anaknya ke daerah terpencil yang tidak bersinyal. Sementara selama ini terbiasa dengan fasilitas.

"Persoalan itu dapat diatasi bila guru-guru di Sintang dipilih dari putra daerah, tentu dia akan lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya," kata Askiman.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Tunjangan Kinerja PNS Naik? Ini Persyaratannya

Posted: 21 Jul 2017 09:00 PM PDT

Hasil evaluasi reformasi birokrasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sejak tahun 2014 merupakan salah satu parameter dalam pemberian tunjangan kinerja (Tukin) bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian/Lembaga.

Namun hal itu tidak diperuntukkan bagi tiga K/L yang menjadi pilot project reformasi birokrasi pada 2008. Ketiga K/L dimaksud adalah Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Mahkamah Agung (MA), yang sudah mendapatkan Tukin 100 persen.

"Selain tiga instansi tersebut, saat ini belum ada kementerian/lembaga yang memperoleh Tukin 100 persen," ujar Sekretaris Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) Didit Noordiatmoko di Jakarta, Sabtu (22/7/2017).

Dia menjelaskan, besaran Tukin di Kementerian keuangan menjadi patokan bagi K/L lain. Ada yang baru menerima 47 persen, 60 persen, 70 persen dan 80 persen.

Kalau ada K/L yang indeks reformasi birokrasinya mengalami peningkatan, bisa saja mengajukan usulan kenaikan Tukin ke Kementerian PANRB. Meskipun demikian, keputusan naik-tidaknya Tukin suatu instansi pemerintah sangat tergantung kemampuan keuangan negara.

Didit menambahkan, hingga saat ini Kementerian PANRB masih fokus pada reformasi birokrasi K/L, meskipun evaluasi juga dilakukan terhadap 34 provinsi dan 59 kabupaten/kota.

Untuk pemda, pengaturan mengenai tunjangan kinerja tergantung kemampuan masing-masing daerah, tidak semata-mata berdasarkan indeks reformasi birokrasi.

"Kalau memang anggarannya mencukupi, bisa saja mereka memberikan atau menaikkan Tukin," imbuhnya seraya menambahkan agar pemda mempertimbangkan hasil evaluasi.

Ada dua aspek yang menjadi parameter dalam evaluasi reformasi birokrasi, yakni delapan area perubahan reformasi birokrasi, yakni Mental Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Kelembagaan, Tatalaksana, SDM Aparatur, Peraturan Perundang-Undangan, dan Pelayanan Publik. Pada kelompok ini, diberikan bobot penilaian sebesar 60 persen.

Komponen penilaian kedua adalah dari survei yang dilakukan Badan Pusat Statistisk (BPS) yang bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu, ada survei indeks reformasi birokrasi yang dilakukan pihak ketiga yang bersifat independen. Survei ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap reformasi birokrasi di suatu instansi pemerintah. Bobot penilaian untuk komponen kedua ini sebesar 40 persen.

Didit mengaku pihaknya kini tengah menyusun perubahan Peraturan menteri PANRB No. 14/2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah. Perubahan itu lebih diarahkan untuk meningkatkan kualitas reformasi birokrasi.

"Kalau selama ini baru sebatas melaksanakan e-formasi, ke depan e-formasinya harus sudah benar," ujar Didit memberikan contoh.

Lebih lanjut dia mengatakan, ke depan penilaian akan dilakukan berdasarkan Indeks Kinerja Utama (IKU). Baik IKU organisasi, IKU unit kerja hingga IKU individu. Dengan demikian PNS yang  kinerjanya rendah maka tunjangannya juga rendah.

Tonton video menarik berikut ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Misi Ganda Persib

Posted: 21 Jul 2017 09:00 PM PDT

Persib Bandung tidak akan melewatkan peluang saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7/2017).

Selain meraih prestise dengan mengalahkan musuh bebuyutan, Persib juga berkesempatan memperbaiki posisi sekaligus memangkas ketertinggalan di klasemen Liga 1.

Maung Bandung saat ini menempati peringkat 14, tertinggal empat nilai di belakang Persija.

Di lain pihak, Persija juga memburu kemenangan demi melesat ke papan atas tabel. Tambahan tiga poin dari GBLA bakal mengangkat Macan Kemayoran ke posisi empat.

Ketika Persib dan Persija berduel, Madura United mengintip peluang menduduki puncak klasemen Liga 1. Mereka bisa melakukannya asalkan menumbangkan tuan rumah Barito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

1 Bhayangkara 16 10 0 6 26-21 30
2 Madura United 15 8 4 3 27-15 28
3 PSM Makassar 15 8 4 3 24-15 28
4 Persipura Jayapura 15 8 3 4 26-18 27     
5 Bali United 15 8 2 5 26-17 26
6 Arema 16 7 4 5 15-16 25
7 Persija Jakarta 15 6 6 3 16-8 24
8 Mitra Kukar 16 7 3 6 24-30 24
9 Barito Putera 15 7 2 6 18-19 23
10 PS TNI 15 6 4 5 24-27     22
11 Semen Padang 16 6 4 6 14-19 22
12 Persela Lamongan 15 6 2 7 21-18 20
13 Borneo 15 6 2 7 21-19 20
14 Persib Bandung 15 5     5 5 14-15 20
15 Sriwijaya 14 5 3 6 18-18 18
16 Perseru Serui 14 2 5 7 9-18 11
17 Persegres Gresik United 15 1 3 11 13-29 6
18 Persiba Balikpapan 15 1 2 12 10-25 5

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lumut Hati Berpotensi sebagai Alternatif Pengobatan Diabetes

Posted: 21 Jul 2017 09:00 PM PDT

Diabetes atau yang lebih dikenal dengan penyakit gula merupakan salah satu ancaman kesehatan utama dan sekitar 3,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun berhubungan dengan diabetes.

Indonesia menempati urutan keempat setelah India, China, dan Amerika Serikat dengan jumlah pengidap diabetes terbanyak, yakni hampir 8,5 juta orang. Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit degeneratif yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (hiperglikemik).

Kondisi hiperglikemik dapat memicu terjadinya peningkatan produksi radikal bebas. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan berbagai sistem tubuh, terutama syaraf dan pembuluh darah. Selain itu beberapa konsekuensi dari diabetes yaitu meningkatnya risiko penyakit jantung dan stroke, neuropati (kerusakan syaraf), gagal ginjal, dan dapat berujung pada kematian (Kemenkes RI, 2014).

Mengingat bahayanya penyakit ini, maka dunia kesehatan telah banyak melakukan penelitian untuk mengobati penyakit diabetes. Berbagai macam merk obat-obatan sintesis telah banyak beredar di pasaran. Namun terkadang biaya menjadi kendala dalam penanganan kasus ini, biaya pengobatan yang mahal tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Komisi diabetes mellitus pada WHO merekomendasikan metode tradisional untuk pengobatan diabetes agar diteliti lebih lanjut. Berbagai penelitian sebelumnya juga telah menyebutkan bahwa tumbuhan yang mengandung antioksidan mampu menekan terjadinya stress oksidatif dan dapat menurunkan kadar gula darah (Miyake et al., 1998).

Lumut hati (Marchantia polymorpha) berpotensi sebagai antihiperglikemik. Lumut ini juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. Selain berpotensi sebagai antihiperglikemik lumut hati (M. polymorpha) juga mudah ditemukan di berbagai tempat yang memiliki tingkat kelembaban tinggi dan siklus hidupnya cepat.

Melihat dari latar belakang tersebut, tim peneliti dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman beranggotakan Indah Susilowati, Ani Septiani, Iis Islamiyah, Dini Rizki Pertiwi, dan Firdaus Maulana melakukan penelitian ekstrak lumut hati (M. polymorpha) sebagai obat antihiperglikemik dengan tikus putih (Rattus norvegicus) sebagai hewan ujinya. Penelitian ini dilakukan dengan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi melalui Program Kreativitas Mahasiswa dengan bimbingan Dra. Hernayanti, MSi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak lumut hati terbukti efektif mampu menurunkan kadar gula darah tikus yang sebelumnya telah dalam kondisi diabetes. Menengok dari hal tersebut, tim yang diketuai oleh Indah Susilowati yakin bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan jembatan untuk penelitian-penelitian lanjutan guna memanfaatkan lumut hati sebagai obat diabetes (antidiabetes).

Penulis : Ani Septiani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atraksi Tradisional Anak-Anak Warnai Akhir Pekan Banyuwangi

Posted: 21 Jul 2017 09:00 PM PDT

Akhir pekan ini, wisatawan yang hadir di Banyuwangi akan disuguhkan beragam atraksi tradisional khas rakyat Banyuwangi. Hari ini, Sabtu 22 Juli 2017, akan ada festival memengan atau mainan tradisional dan Lalare Orkestra Concert. Kedua festival ini merupakan pesta bagi anak-anak Banyuwangi untuk menunjukkan kreasinya.

Pada Sabtu pagi, 5.100 anak Banyuwangi akan mempertunjukkan permainan tradisional. Mereka akan bermain sambil berparade dari depan Kantor Pemkab menuju Taman Blambangan dengan aneka permainanjadul. Seperti dari egrang bambu, gasingan, gobag sodor, engklek, dakon, bintang aliyan, medi-median, balap karung, klompen panjang, tarik tambang hingga dagongan.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan festival ini sengaja digelar sebagai upaya menjaga mainan tradisional ini tidak punah. Menurut Anas, anak-anak sekarang waktu bermainnya banyak dihabiskan bermain gadget, sehingga bila mainan tradisional tidak digalakkan akan tergerus zaman.

"Ini juga sebagai bentuk pendidikan karakter yang bagi anak, yang mengajak mereka belajar kebiasaan baik yang sesuai perkembangan usia anak. Lewat permainan tradisional, mereka akan banyak belajar mengasah kreativitas dan dilakukan secara berkelompok. Ini akan melatih mereka untuk menumbuhkan kebersamaan dalam kehidupannya, berbeda dengan permainan modern yang individualistis," tutur Bupati Anas, Jumat (21/7/2017).

Akhir pekan ini, wisatawan yang hadir di Banyuwangi akan disuguhkan beragam atraksi tradisional khas rakyat Banyuwangi.

Anas menambahkan selain mengajak anak-anak memainkan mainan tradisional, pihaknya juga ingin anak-anak cinta kesenian daerahnya. Salah satu upayanya adalah menggelar panggung bagi anak-anak, seperti lewat konser Lalare Orchestra.

"Salah satunya adalah Lalare Concert. Hebatnya Lalare konser anak ini adalah grup ini terbentuk atas inisiatif mereka sendiri. Beragam festival dan tradisi yang digelar Banywuangi telah menjadi pendorong iklim berkesenian. Banyak anak berlatih di sanggar-sanggar seni yang akhirnya memunculkan bakat-bakat baru," ucap Anas.

Kelompok musik Lalare Orchestra ini berhasil meraih penghargaan tingkat dunia dari Pasific Asia Travel Association (PATA) kategori heritage and culture pada tahun 2016 lalu. Konser ini akan digelar Sabtu malam di gedung seni dan budaya (gesibu) pukul 19.00. Sebanyak 130 musikus cilik akan menampilkan perpaduan musik tradisional dan moderen sembari menampilkan seni teater.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiono menambahkan festival memengan tradisional ini akan diikuti pelajar SD – SMP se-Banyuwangi. Sambil mengenakan pakaian adat khas Banyuwangi berwarna hitam-hitam, anak-anak akan memainkan beragam mainan tradisional.

"Festival mainan ini akan dibuka dengan kesenian angklung caruk dan barong yang dibawakan oleh anak-anak. Di garis finis, penonton juga akan disuguhi kesenian tradisional jaranan dan janger anak-anak," ujar Sulih.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesona Para Model Seksi Berbalut Baju Renang Terbaru

Posted: 21 Jul 2017 09:00 PM PDT

Model berpose mengenakan busana renang selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP)

Model berpose mengenakan busana renang selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP)

Model berjalan di catwalk selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP)

Model berjalan di catwalk selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP)

Model mengenakan busana renang berjalan di catwalk selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP) SWIMMIAMI/AFP)

Model mengenakan busana renang berjalan di catwalk selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP) SWIMMIAMI/AFP)

Model berpose mengenakan busana renang selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP)

Model berpose mengenakan busana renang selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP)

Model mengenakan busana renang berjalan di catwalk selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP)

Model mengenakan busana renang berjalan di catwalk selama peragaan busana SWIMMIAMI Hammock 2018 Collection di WET Deck di W South Beach di Miami Beach, Florida (21/7). (Dimitrios Kambouris/Getty Images for SWIMMIAMI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Dikatakan Direktur CIA Soal Rusia, Iran, dan Kim Jong-un

Posted: 21 Jul 2017 09:00 PM PDT

Direktur CIA Mike Pompeo mengatakan pada Kamis 20 Juli 2017, bahwa Rusia tidak memiliki niat untuk meninggalkan Suriah dalam waktu dekat. Ia juga mengatakan bahwa Moskow akan terus campur tangan dalam sejumlah urusan politik Washington, DC.

Pernyataan itu disampaikan Pompeo dalam sebuah forum di Aspen, Colorado, yang membahas sejumlah isu keamanan dan intelijen di dunia, mulai dari Rusia, Iran, Suriah, dan Korea Utara. Demikian seperti yang dilansir dari VOA, Jumat (21/7/2017).

Dalam forum itu, Pompeo juga meyakini bahwa Rusia turut melakukan campur tangan dalam Pilpres AS 2016. Direktur CIA itu juga mendeskripsikan bahwa relasi AS - Rusia sebagai hal yang 'rumit'.

Pompeo menjelaskan bahwa hanya ada sedikit bukti terkait iktikad Rusia untuk secara serius menangani ISIS di Suriah. Sementara itu, Direktur CIA menyangkal tudingan yang menyebut bahwa Rusia telah menjadi koalisi AS di Suriah dan menyebut bahwa tuduhan itu tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Direktur CIA itu juga mengatakan sulitnya membayangkan Suriah yang stabil, jika Presiden Bashar al-Assad masih menampuk kursi kepresidenan. Pompeo menyebut bahwa Assad merupakan 'boneka Iran', dan Teheran dianggapnya telah memiliki pijakan kuat di Suriah.

Sementara itu, bagi Rusia, Suriah merupakan kawasan penting demi mempertahankan pelabuhan angkatan laut di Tartus, Laut Mediterania.

Pria itu juga menanggapi ancaman Korea Utara dan berujar, Presiden Donald Trump sangat intensif menanyakan terkait situasi terbaru di Pyongyang kepada CIA. Pompeo juga menilai bahwa, program pengembangan nuklir yang dilakukan oleh Korut merupakan upaya Kim Jong-un untuk membuatnya tetap berada di tampuk signifikan dalam peta politik lokal juga dunia.

Namun, terkait pergantian rezim di Pyongyang, Pompeo menilai bahwa AS masih mempertimbangkan opsi alternatif ketimbang melakukan intervensi langsung.

"Orang Korea Utara adalah orang-orang yang baik dan akan sangat senang melihat Kim Jong-un turun jabatan. Anda tahu mereka tidak menjalani kehidupan yang sangat baik di sana," kata Pompeo.

Saksikan juga video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obat Tiroid Tak Timbulkan Efek Samping Walau Diminum Seumur Hidup

Posted: 21 Jul 2017 09:00 PM PDT

Salah satu solusi mengobati gangguan tiroid, berupa hipotiroid (kekurangan tiroid) dan hipertiroid (kelebihan tiroid) serta kanker tiroid, adalah melalui operasi atau pembedahan. Operasi bertujuan mengangkat kelenjar tiroid yang ditandai benjolan di leher.   

Setelah operasi, pasien bisa terbebas dari gangguan tiroid. Namun, pasien harus minum obat tiroid seumur hidupnya. Obat tiroid yang bernama Levotiroksin (L-tiroksin) akan menggantikan fungsi hormon pada kelenjar tiroid (yang sudah diangkat saat dioperasi).

"Obat Levotiroksin ini diminum tiap hari sebagai pengganti hormon tiroid. Pada dasarnya, kelenjar tiroid itu berperan menyeimbangkan metabolisme tubuh. Jika sudah dioperasi, maka kelenjar tiroid sudah tidak ada lagi kan. Levotiroksin inilah yang menggantikannya," jelas Ketua Jakarta Endoctrine Meeting 2017, dr Dante Saksono H, SpPD-KEMD, PhD.

Ketika ditemui dalam acara "Sehatkah Tiroidmu? Mengenal Hipotiroid, Hipertiroid, dan Kanker Tiroid" di Shangri-la Hotel Jakarta, Jumat (21/7/2017), dr Dante melanjutkan, tidak ada efek samping Levotiroksin yang diminum seumur hidup.

Tak lupa, pasien harus sering melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memantau kondisi kesehatannya. Setelah operasi, gangguan tiroid maupun kanker tiroid memang tidak kambuh lagi.

Tapi kita semua belum tahu juga, apakah masih tersisa sel kelenjar tiroid atau tidak, yang bisa saja menyebar ke organ tubuh lain, tambah dr Dante.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Pesan Spesial untuk Song Hye Kyo di Film Baru Song Joong Ki

Posted: 21 Jul 2017 09:00 PM PDT

Nama Song Joong Ki belakangan ini ramai diberitakan di media. Tak hanya karena rencana pernikahannya dengan Song Hye Kyo, tapi juga soal film terbarunya, Battleship Island.

Namun ternyata, ada hubungan spesial antara Song Hye Kyo dengan film Battleship Island. Dilansir dari Koreaboo, Jumat (21/7/2017), dalam bagian credit title film ini, ada pesan spesial yang khusus ditujukan untuk sang aktris.

Pesan spesial itu bertuliskan "terima kasih secara khusus untuk ... Song Hye Kyo" bersama nama-nama artis lainnya. Jangan salah sangka dulu, pesan ini muncul bukan semata karena adanya hubungan spesial antara Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Bahkan saat pembuatan film ini, tak ada yang tahu soal hubungan mereka berdua dan rencana pernikahan mereka.

Ternyata, demi mendukung film Battleship Island, Song Hye Kyo sempat mengirimkan stan kopi untuk para kru dan artis yang ada di lokasi syuting. Sutradara film Battleship Island, Ryu Seung Wan, memastikan bahwa semua orang yang mendukung film ini harus masuk dalam credit sebagai ucapan terima kasih.

Inilah yang membuat nama Song Hye Kyo muncul pada credit akhir film Battleship Island.

Battleship Island adalah sebuah film berlatar era pendudukan Jepang yang menceritakan tentang upaya pelarian diri dari tempat kerja paksa di Pulau Hashima.  Selain Song Joong Ki, film ini dibintangi oleh sederet artis papan atas antara lain Hwang Jung Min, So Ji  Sub, dan Lee Jung Hyun. (Khansa Olivia)

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negara-Negara Pemblokir Telegram

Posted: 21 Jul 2017 08:56 PM PDT

Telegram sempat menjadi fitur internet yang digemari pengguna Indonesia maupun dunia. Tapi, Telegram kerap kali digunakan sebagai media komunikasi kelompok-kelompok radikal. Tercatat, 17 aksi radikalisme di Indonesia dirancang melalui media berkirim pesan ini.

Sebut saja teror bom panci di Bandung dan aksi pengeboman serta serangan senjata api di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta. Selain itu, rencana pembunuhan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga terendus di Telegram.

Pemerintah Indonesia pun memutuskan untuk memblokir situs web Telegram serta sejumlah subdomain Telegram, 17 Juli 2017. Namun pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) masih membuka jalur negosiasi dengan pihak Telegram.

Jika Telegram mampu memenuhi sejumlah syarat yang diwajibkan pemerintah, maka mereka punya peluang untuk kembali bisa diakses. Tapi jika tidak, media komunikasi ini harus mencari pengguna di negara lain.

Tapi selain di Indonesia, Telegram pun telah diblokir di sejumlah negara.

Negara mana saja dan apa pemicunya, simak Infografis di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Tanpa Djanur, Ini Komentar Pelatih Persija

Posted: 21 Jul 2017 08:45 PM PDT

Pelatih Persija Jakarta, Stefano 'Teco' Cugurra cukup kaget dengan mundurnya Djadjang Nurdjaman sebagai pelatih Persib Bandung. Menurut dia, pria yang akrab disapa Djanur itu merupakan pelatih berkualitas.

"Saya tidak bisa komentar (caretaker pelatih pengganti Djanur), saya tidak kenal dengan pelatih baru saya respect saja, cuman yang dulu (Djanur) dia pelatih bagus sekali, sudah juara sama Persib, tapi okay ini sepak bola ada waktu kamu masuk dan keluar, ada yang baru saya taruh respect," ucap dia.

Menjelang duel menghadapi Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (22/7/2017), Teco mengaku hanya fokus mempersiapkan timnya dan mengabaikan kondisi tim berjuluk Maung Bandung.

"Saya lebih fokus sama tim saya sendiri, tapi saya tau mungkin kondisi dalam tim Persib Bandung sedang ada masalah, pelatih kepala sudah lama disini baru mundur dari tim. Saya tidak tahu masalah apa itu, saya lebih fokus kepada tim saya sendri."



"Di Persija evaluasi ada setiap pertandingan, kita selalu evaluasi sama tim pelatih dan manajemen, saya sudah bicara sama manajemen mana yang kurang di tim, putaran kedua saya sudah bicara sama manajemen mana yang kurang dari tim, manajemen kerja keras mencari pemain yang kita butuh," ucapnya.

Disinggung soal tekanan duel bertajuk El Clasico kali ini, Teco menegaskan tekanan justru hadir pada Persib karena tuntutan dari suporter dan berstatus tuan rumah sedangkan anak asuhnya lebih diuntungkan.

"Saya tahu pemain Persib sama kaya kta, kita mau main bagus besok. Tapi pressure ada di Persib Bandung karena mereka main di rumah dan harus menang, pressure di tim lawan (Persib) bukan di tim kita," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juru Bicara Trump Mengundurkan Diri

Posted: 21 Jul 2017 08:41 PM PDT

Sekretaris Pers Gedung Putih Sean Spicer memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya. Keputusan tersebut diambil karena ketidaksetujuannya terhadap kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Dikutip dari laman BBC, Sabtu (22/7/2017), Presiden Trump memutuskan untuk memilih Anthony Scramucci sebagai Direktur Komunikasi Gedung Putih. Secara lantang, Spicer mengutarakan ketidaksetujuannya dengan pengangkatan Sarantocci yang ia anggap sebagai kesalahan besar.

Pencarian dan penetapan Direktur Komunikasi Gedung Putih itu dimulai setelah Mike Dubke mengundurkan diri dari jabatannya. Dubke mengundurkan diri pada Mei 2017.

Mundurnya Spicer dari jabatan sekretaris pers gedung putih yang otomatis pula menjadikannya Juru Bicara Donald Trump juga disampaikannya dalam cuitan di akun Twitter.

"Merupakan sebuah kehormatan dan keistimewaan bagi saya bisa melayani @POTUS @realDonaldTrump dan negeri yang hebat ini. Saya akan tetap bekerja hingga Agustus," tulis Spicer lewat akun Twitter-nya.

Selama ini, Spincer telah melakukan tugasnya dengan baik sebagai sekretaris pers maupun direktur komunikasi, pasca-mundurnya Dubke dari kursi jabatan. Hanya saja, Spincer kerap mengutarakan pernyataan kontroversial sehingga membuat citra Trump menjadi buruk.

Sementara itu, sosok Scaramucci dikenal tak memiliki pengalaman dalam segi komunikasi. Sebelum menduduki posisinya, Scaramucci adalah wakil presiden senior di Bank Ekspor-Impor sebuah agen AS yang menjamin pinjaman bagi pembeli asing dari ekspor Amerika Serikat.

Setelah mengundurkan diri, posisi Spicer akan diisi wakil sekretaris pers, Sarah Huckabee Sanders.

Mundurnya Spicer menandai adanya ketegangan yang terjadi dalam pemerintahan Trump. Hal ini disinyalir akan mengakibatkan agenda dan kinerja legislatif yang terhambat. Apalagi negara tersebut tengah disibukkan dengan investigasi terkait skandal Rusia.

Sosok Spicer juga dikenal sebagai sekutu dekat dengan kepala staf Gedung Putih, Reince Priebus. Dengan mundurnya Spicer dari jabatan akan memperlemah posisi Priebus dan hubungannya antara pihak Gedung Putih dan kubu Republik.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 22 Juli 2017

Posted: 21 Jul 2017 08:30 PM PDT

Persib Bandung menjamu musuh bebuyutan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (22/7/2017).

Sengitnya pertandingan nanti tidak perlu dijelaskan lagi. Rivalitas Persib dan Persija sangat besar, yang tercipta akibat persaingan bertahun-tahun.

Buruknya posisi kedua tim di klasemen tidak mengurangi intensitas duel. Tim tamu Persija jalam posisi lebih baik dengan memiliki keunggulan empat poin atas Persib. Macan Kemayoran juga tidak terkalahkan pada 10 laga terakhir Liga 1.

Namun, catatan tersebut tidak akan menggentarkan Maung Bandung. Motivasi Persib justru bertambah karena ingin menodai catatan sang rival.

Selain Persib vs Persija, Liga 1 juga menghadirkan dua pertandingan lain tidak kalah seru.

15.00 WIB: Barito Putera vs Madura United (tvOne)
18.30 WIB: Persib vs Persija (tvOne)
18.30 WIB: Borneo vs PerseruSerui

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Bantu Korban Banjir, Dewi Sandra Juga Temui Pria Ini

Posted: 21 Jul 2017 08:30 PM PDT

Banjir yang melanda Belitung Timur membuat Dewi Sandra ikut prihatin. Tanpa mengajak teman dan meminta bantuan donasi, ia berangkat ke sana untuk memberi bantuan.

Terlihat sebuah akun Instagram gosip Lambe Turah yang mengunggah foto Dewi Sandra tengah berada di posko bantuan. Di belakang wanita berhijab ini tampak beberapa kardus mi instan.

"Mbak cantik ini diam diam mau terjun langsung dan membantu korban banjir di BelitungSalut Mba tanpa Publikasi langsung terjun sendiri," tulis akun tersebut.

Dewi Sandra beri bantuan untuk korban banjir di Belitung (Foto:Instagram)

Sementara di akun Dewi Sandra, tampak dirinya asyik bermain dengan anak-anak desa di Pantai Laskar Pelangi, yang diambil dari salah satu novel karya Andrea Hirata yang telah difilmkan. Ia tertawa bersama mereka.

Tak cuma itu, di Belitung, Dewi Sandra juga menyempatkan bertemu salah satu pemain film Laskar Pelangi, Zulfani Pasha, pemeran si Ikal.

Walau sudah lewat sembilan tahun, mantan istri Glenn Fredly ini masih ingat dengan pria berusia 21 tahun tersebut. Wajahnya pun menghiasi Instagram pribadi Dewi Sandra, Kamis (20/7/2017).

"Ada yang ingat dia? Ayoooooo dong... you must remember him. Satu hal yang ngga berubah... matanya... so i just had to take his pic 9 tahun kemudian... He's all grown up now. Kid is going to be doing great things. Great things... Good luck untuk skripsimu dan ditunggu karya karya yang akan datang....," tulis Dewi Sandra sebagai keterangan foto.

Dewi Sandra bertemu pemain film Laskar Pelangi (Foto:Instagram)

Rupanya bukan hanya Dewi Sandra saja yang ingat siapa pria berambut gimbal ini. Para warganet pun langsung menjawab pertanyaan Dewi di kolom komentar.

"Haikal lskarpelangi kak dewi," tulis akun @syakirahasna271. Begitupun dengan akun @arifahsetyaasih, "Ikalllllll @dewisandra."

Dewi Sandra ceria bermain dengan anak-anak di pantai Laskar Pelangi (Foto:Instagram)

Tak mau ketinggalan akun @queenelzrock menambahkan, "Ikal zulfanny.. pemeran utama Laskar Pelangi."

"Aaaa ikaaaalllll..... Matanya selalu khas dan jd penandaa," ujar akun @wahyu_sftr.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perlawanan Narkoba dari Yogyakarta

Posted: 21 Jul 2017 08:20 PM PDT

Menpora Imam Nahrawi melantik 200 pemuda Yogya Anti Narkoba di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. 200 pemuda ini berasal dari seluruh kabupaten kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pengukuhan 200 pemuda antinarkoba ini sebagai bentuk ketegasan pemerintah Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo yang perang melawan narkoba.

Imam mengatakan, masing-masing pemuda yang siap menjadi duta antinarkoba ini nantinya dapat merekrut 25 orang lain untuk bergabung dengan gerakan ini.

"Kuantitas pemuda Indonesia ini 60 juta orang, dan ini sasaran empuk mafia narkoba, untuk memutus mata rantai pemuda yang hebat ini. Setelah kita latih dan kasih tahu mereka harus berani mengatakan teman sebayanya," ujar Imam di Kepatihan, Yogyakarta, Jumat 21 Juli 2017.

Imam mengatakan, Indonesia merupakan pangsa pasar yang bagus bagi peredaran narkoba khususnya bagi pemuda. Dengan gerakan ini, diharapkaan setiap orang memberikan perlawanan dan menyatakan perang terhadap narkoba. Sehingga generasi muda Indonesia kelak benar-benar bebas dari narkoba.

"Yogyakarta kota pelajar, kota mahasiswa, dan kota pendidikan. Kita tidak ingin generasi hebat putus akibat narkoba. Harapannya semakin banyak orang di lapangan melakukan perlawanan kepada pengedar narkoba," kata Imam.

Sementara itu, Kepala BNN Komjen Budi Waseso mengaku sangat senang dengan gerakan ini. Sebab, generasi muda menjadi target dari peredaran narkoba di Indonesia.

Saat ini, kata Budi, Indonesia menjadi target para mafia narkoba yang bertujuan untuk menghancurkan generasi muda Indonesia.

Ia berharap 200 pemuda antinarkoba ini dapat menjadi mata bagi pemberantasan narkoba. Sebab saat ini, ada sekitar 300 ribu mahasiswa di Yogyakarta dan menjadi target dari peredaran narkoba.

"Saya terima kasih ada program ini. Maka harapan kami Yogyakarta jadi motor utama yang nanti akan mempengaruhi seluruh wilayah kesatuan negara republik Indonesia. Sebab semua perwakilan anak bangsa ada di Yogya saat ini," ujar pria yang kerap disapa Buwas ini.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Ingin Tim Futsal Raih Target di SEA Games 2017

Posted: 21 Jul 2017 08:18 PM PDT

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan tim futsal Indonesia tetap akan berangkat ke SEA Games 2017. Ini ditegaskan Menpora setelah sebelumnya beredar informasi bahwa tim futsal Indonesia tidak akan mengikuti SEA Games di Malaysia.

Sebelumnya, Federasi Futsal Indonesia (FFI) tanpa menyertakan alasan jelas mengatakan tidak memberangkatkan timnya ke Kuala Lumpur.

Namun, Menpora kemudian menyatakan tim futsal Indonesia akan berangkat tahun ini. Namun, Menpora juga ingin melihat komitmen dari para pelatih dan pemainnya.

"Futsal tetap untuk ikut SEA Games. Meskipun saya juga sedang minta komitmen dari pemain dan pelatihnya," ujarnya, di bangsal Kepatihan, Jumat (21/7/2017).

Menpora mengatakan komitmen ini diharapkan dapat menyemangati para atlet untuk meraih prestasi tinggi di pesta olahraga Asia Tenggara ini. Ia menegaskan target tim futsal harus melebih dari capaian sebelumnya. "Harus melampaui target," ujarnya.

Menurut Imam, kepastian untuk berangkat ke SEA Games ini sudah melalui koordinasi. Karena itu, pelatih dan pemain harus menyiapkan persiapan sebaik mungkin.

Seperti diketahui sebelumnya gelagat tim Futsal Indonesia tidak akan berpartisipasi di SEA Games memang sudah muncul sejak awal Juli. Pelatih Tim Futsal Vic Hermans mengaku tidak akan pergi ke pesta itu karena tidak memiliki pemain untuk dilatih.

Persiapan sejak dini dilakukan Timnas Futsal Indonesia demi meraih emas di SEA Games 2017. Apalagi, mereka akan bersua Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Malaysia.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Aksi Andi Mallarangeng Bunuh Sepi dalam Bui

Posted: 21 Jul 2017 08:11 PM PDT

Senyum di wajah Andi Mallarangeng tak henti-hentinya terkembang. Mantan Menpora era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu kini bisa kembali mengecap kehidupan bebas setelah beberapa tahun merasakan hidup dalam penjara.

Andi Mallarangeng digelandang ke dalam bui setelah majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonisnya hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta, subsider 2 bulan penjara pada 18 Juli 2014.

Meski kini telah bebas, pria berkumis itu tak akan pernah melupakan pelajaran berharga yang didapatnya semasa hidup di balik jeruji. Salah satunya, soal permainan kartu gaple.

Berikut cerita empat aksi Andi Mallarangeng di dalam bui seperti dihimpun Liputan6.com, Sabtu (22/7/2016):

1. Membuat Buku Gaple

Andi Mallarangeng kembali menata kehidupannya. Salah satu yang akan dia lakukan adalah merampungkan buku mengenai permainan kartu gaple buatannya.

"Ada buku tentang gaple yang insyaallah akan saya selesaikan dalam waktu dekat ini. Menurut saya, gaple ini olahraga otak yang paling populer di seluruh Indonesia. Cuma tidak ada yang nulis karena tidak ada notasinya," ucap Andi di kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Klas I A Bandung, Rabu 19 Juli 2017.

Dia mengatakan, buku tersebut ditulisnya saat menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung. Dia terinspirasi karena sering bermain gaple saat berada di lapas bersama warga binaan lainnya.

"Ya memang sering bermain, tetapi saya ingin membuatnya lebih ilmiah. Saya menciptakan notasi kemudian permainan gaple bisa direkonstruksi ulang, dianalisis bahkan bisa dipikir-pikir," ujar  Andi.

Selain permainan kartu gaple, salah satu yang paling unik yang dilakukan saat di penjara adalah mempelajari bahasa Mandarin. Andi mengaku mempelajari bahasa asing tersebut selama dua tahun.

"Selama di lapas, banyak pelajaran, saya bisa belajar bahasa Mandarin di lapas. Sudah dua tahun (belajar bahasa Mandarin), sudah bisa menulis dan membaca," ujar Andi saat berbincang dengan Liputan6.com di kediamannya di Jakarta Timur, Kamis (20/7/2017).

Andi sempat bergurau dan menunjukkan kemampuan dirinya berbahasa Mandarin. "Ni hao ma (apa kabar). Kalau mau ke Glodok dan Shanghai, saya bisa jadi guide," ujar Andi Mallarangeng sambil tertawa.

3. Bikin Roti dan Susu Kedelai

Ternyata banyak keterampilan yang diajarkan kepada para penghuni lapas, seperti Andi. Bukan cuma belajar bahasa Mandarin. Andi juga belajar tentang urusan perut alias masakan.

Di Lapas Sukamiskin, politikus Partai Demokrat tersebut juga sempat belajar cara membuat roti dan susu kedelai.

Selama di penjara, Andi juga berbaur dengan petugas dan penghuni Lapas Sukamiskin lainnya. Dia tak segan-segan mengikuti kegiatan yang diadakan di sana. Termasuk mengikuti lomba dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI pada 2016.

Dia berpartisipasi dalam dua lomba sekaligus, yakni balap makan kerupuk dan terompah panjang. Andi berhasil memenangkan kedua lomba tersebut setelah mengalahkan Suryadarma Ali dan almarhum Sutan Bhatoegana.

"Ini sangat bermanfaat bagi warga binaan Lapas Sukamiskin," kata Andi Mallarangeng kala itu.

Andi Mallarangeng menjalani hukuman penjara setelah majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonis 4 tahun dan denda Rp 200 juta, subsider 2 bulan penjara pada 18 Juli 2014.

Hakim menyatakan politikus Partai Demokrat yang juga mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu terbukti bersalah dalam kasus korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang.

Vonis yang diterima Andi Mallarangeng tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa KPK sebelumnya, yaitu 10 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider enam bulan penjara. Tiga bulan sebelum bebas murni, Andi Mallarangeng menjalani masa cuti dan kemudian menghirup udara bebas pada 19 Juli 2017.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah ini Merupakan Rumah Tapak Tertinggi di Dunia!

Posted: 21 Jul 2017 08:09 PM PDT

Bangunan tertinggi di dunia umumnya didominasi oleh gedung atau bangunan komersial. Namun, berbeda dengan rumah tapak yang satu ini, dengan desain arsitektur yang unik, hunian tinggal ini punya ketinggian 37 meter.

Bayangkan Anda memiliki pemandangan ala gedung pencakar langit ketika bangun dari tidur?

(Baca juga: Tertarik Beli Penthouse Milik Johnny Depp? Intip Dulu Interiornya!)

Setelah melakukan riset ke lebih dari 200 tempat, akhirnya gurun Arizona menjadi pilihan yang tepat untuknya membangun mahakarya ini.

Seperti yang dikutip dari Rumah.com, Sukumar Pal, seorang arsitek asal Phoenix, Inggris, merealisasikan bangunan single-family yang dinobatkan sebagai rumah paling tinggi di dunia. Setelah melakukan riset ke lebih dari 200 tempat, akhirnya gurun Arizona menjadi pilihan yang tepat untuknya membangun mahakarya ini.

Dalam proses konstruksi, Sukumar membangun rumah dengan total luas bangunan 6200 meter. "Sejak kecil Saya sudah bermimpi membangun rumah semacam ini," aku Sukumar ketika di wawancara.

Dalam proses konstruksi, Sukumar membangun rumah dengan total luas bangunan 6200 meter.

"Saya ingin membangun sesuatu yang tidak hanya sekedar bangunan, namun punya makna dibaliknya. Anda bisa menikmati pemandangan dan suasana yang jauh berbeda." Tambahnya.

Terletak di kawasan Hutan Nasional Prescott, rumah dengan total 12 lantai ini memiliki 3 kamar tidur, 4 kamar mandi, beberapa ruang komunal dan sudut titik pemandangan yang indah. Untuk mempermudah naik turun lantai, tersedia elevator.

Rumah dengan total 12 lantai ini memiliki 3 kamar tidur, 4 kamar mandi, beberapa ruang komunal dan sudut titik pemandangan yang indah.

Sementara itu terdapat anak tangga menuju menara yang menjulang di atas ruang tamu, menawarkan pemandangan 360 derajat di sekitar rumah yang sangat indah.

(Simak juga: Aneka pilihan apartemen dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

Sukumar mendesain rumah ini dengan sebuah ruangan yang menghadap ke dua sisi, misalnya timur/barat dan utara/selatan. Kamar tidurnya dilapisi oleh plafon kaca dan jendela untuk pantulan cahaya alami. Sementara itu ketika membuka jendela Anda bisa melihat pegunungan dan bukit San Fransisco.

Ketika membuka jendela Anda bisa melihat pegunungan dan bukit San Fransisco.

Keunggulan lain yang tak kalah menarik dari rumah ini adalah menyerap cahaya alami untuk menjaga ruangan terasa hangat atau dingin sesuai dengan keinginan. Jadi, rumah ini tidak membutuhkan pemanas sentral atau pendingin udara sehingga lebih ramah lingkungan.

"Rumah ini bisa menyimpan dingin udara di malam hari dan kemudian membuat rumah terasa sejuk sepanjang hari," ucap Sukumar yang tumbuh besar di India dan tidak pernah memakai pendingin udara.

Rumah ini bisa menyimpan dingin udara di malam hari dan kemudian membuat rumah terasa sejuk sepanjang hari.

Selepas istrinya meninggal dunia, Sukumar memutuskan untuk pindah dan menjual rumah unik ini. Anda bisa memilikinya dengan banderol harga USD1,4 juta.

Untuk memasarkan rumah, Frank Aazami, agen properti dari Sotheby's International Realty dipercaya oleh Sukumar. "Bagian paling menarik adalah lantai paling atas, disana terdapat area outdoor. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan dan udara segar dari atas sana," ucap Frank.

Bagian paling menarik adalah lantai paling atas. Di sana terdapat area outdoor. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan dan udara segar dari atas sana.

 

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piano Bung Karno Iringi Jokowi Hadiri Kongres Pancasila

Posted: 21 Jul 2017 08:03 PM PDT

Kongres Pancasila digelar untuk yang kesembilan kalinya. Kongres Pancasila kali ini dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada. Joko Widodo atau Jokowi merupakan Presiden pertama RI yang hadir pada Kongres Pancasila.

Penyelenggaraan Kongres Pancasila juga dimeriahkan Aubade Pancasila. Aubade atau paduan suara ini diisi oleh siswa SD hingga mahasiswa dari berbagai daerah di Yogyakarta.

Beberapa lagu nasional bernada persatuan dan Pancasila dibawakan. Yang menarik, piano pengiring aubade merupakan hadiah Presiden Sukarno.

"Ini adalah piano hadiah dari Presiden Sukarno yang masih terawat baik sampai saat ini," kata Dirijen Aubade Pancasila, Yogyakarta, Sabtu (22/7/2017).

Piano cokelat itu tampak sederhana. Meski tuts piano terlihat sudah menguning, tapi suara yang dihasilkan masih merdu.

Terlihat stiker bertuliskan "Pemberian Bung Karno KPD PS B.D. 1965". Logo Garuda Pancasila mendampingi tulisan itu. Stiker itu ditempel pada penutup tuts piano.

Jokowi datang bersama dengan Ibu Negara Iriana. Lagu "Mata Air" yang dipopulerkan oleh CJR dan lagu "Bangun Pemudi Pemuda" menyambut kedatangan Jokowi.

Piano Bung Karno juga digunakan untuk mengiringi lagu "Indonesia Raya". Lagu ini menandai dimulainya Kongres Pancasila IX.

"Kampus UGM menjadi bagian penting dari perjuangan kemerdekaan Negara kita Indonesia. Dan yang lebih penting dari itu kita berkumpul di sini ada komitmen yang sama untuk semangat yang sama yaitu semangat untuk memperkuat Pancasila sebagai jiwa bangsa, kita memperkuat Pancasila sebagai jiwa raga kita, dan memperkuat Pancasila sebagai cara hidup berbangsa dan bernegara," ujar Jokowi.

 

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Strategi Berburu Barang Bermerek

Posted: 21 Jul 2017 08:01 PM PDT

Mengapa banyak orang suka mengoleksi barang-barang bermerek atau (branded)? Salah satu alasannya agar dipandang berkelas oleh orang lain. Namun, barang branded harganya sangat mahal.

Tak jarang orang mengeluarkan uang dalam jumlah yang sangat banyak hanya untuk membeli satu barang dari brand terkenal, misalnya tas, sepatu, jam tangan, dan perhiasan.

Selain harganya mahal, barang branded juga terkenal karena kualitasnya yang bagus. Tak heran, banyak orang lebih memilih beberapa koleksi saja, namun berasal dari brand-brand terkenal. Orang yang suka mengoleksi barang-barang branded biasanya berasal dari kalangan atas yang memiliki kondisi keuangan di atas rata-rata.

Untuk mendapatkan barang branded, orang rela pergi ke luar negeri seperti Singapura atau Paris. Banyak juga diantara mereka berbelanja secara online melalui website resmi dari brand yang bersangkutan.

Pernahkah Anda bermimpi untuk memiliki barang branded? Sudah pasti "Ya". Walaupun hanya satu barang saja, yang penting sudah memilikinya. Agar Anda bisa memiliki barang branded, ini dia strategi berburu barang branded seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Carilah Barang Branded untuk Investasi

Salah satu keuntungan mengoleksi barang branded adalah penurunan harganya tidak terlalu drastis. Hal ini tentu saja berbeda dengan barang-barang dari brand "biasa". Mengoleksi barang branded bisa dijadikan sebagai investasi.

Kalau dijual, harganya masih bernilai tinggi. Apalagi jika kondisi dari barang tersebut masih sangat bagus. Sudah pasti orang berlomba-lomba untuk membelinya. "Walaupun bekas, yang penting bermerek" Itulah prinsip dari kebanyakan orang.

2. Beli Brand dari Bridge Line

Bridge Line adalah penurunan dari satu brand dengan brand yang lainnya, bisa juga disebut sebagai difusi antara brand yang satu dengan brand yang lainnya.

Harga yang ditawarkan oleh brand bridge line cenderung lebih murah ketimbang dari brand tunggal. Misalnya H&M by Balmain, Marc by Marc Jacobs, dan Karl by Karl Lagerfeld.

Barang-barang dari brand tersebut biasanya lebih fokus pada koleksi ready to wear. Jadi untuk koleksi yang tidak ditampilkan dalam fashion show memiliki harga yang jauh lebih rendah ketimbang koleksi ready to wear. Anda pecinta barang-barang branded harus pintar untuk memanfaatkan situasi seperti ini.

Simak video menarik di bawah ini:

3. Cari Barang Diskon

Tidak menutup kemungkinan kalau barang-barang branded juga menawarkan diskon yang menggiurkan. Diskon biasanya diberikan pada middle season atau end of season.

Namun diskon terbesar sudah pasti saat end of season. Program promo ini termasuk cara terbaik untuk mendapatkan barang branded dengan harga yang miring.

Promo ini hadir di berbagai gerai resmi dari brand yang bersangkutan. Di Indonesia sendiri, diskonnya tidaklah sebesar seperti yang ada pada website resminya. Hal ini wajar saja mengingat adanya pajak dan bea cukai yang dikenakan untuk setiap produk asing yang masuk ke Indonesia.

Jika ingin mendapatkan harga murah, silakan kunjungi website luar negeri. Namun kelemahannya adalah Anda harus rela menunggu lama karena proses pengirimannya memakan waktu berminggu-minggu.

4. Berbelanja dengan Teman

Sistem yang berlaku di sini adalah berbagi. Ada beberapa toko yang menawarkan Buy 1 Get 1. Jika menemukan tawaran ini pada brand favorit, jangan lupa ajak teman yang juga menyukai barang branded. Promo buy 1 get 1 bisa menekan pengeluaran. Selain mendapatkan barang baru, harganya juga murah. Asyik, bukan?

5. Manfaatkan Kartu Membership

Apakah Anda telah bergabung pada komunitas toko yang menjual barang-barang branded? Kalau 'ya", beruntunglah Anda. Beberapa toko kerap kali memberikan penawaran khusus bagi para membernya. Bisa berupa potongan harga dan paket bonus ketika melampaui batas poin yang ditentukan.

Selain itu, berbagai lembaga perbankan juga sering bekerja sama dengan outlet-outlet tertentu dalam pemberian promo bagi pemegang kartu kredit. Jika poin pada kartu kredit sudah cukup, nantinya bisa ditukarkan dengan voucher belanja.

6. Membeli Koleksi Lama

Barang koleksi lama harganya cenderung murah ketimbang koleksi baru. Jika menemukan barang dari koleksi tahun lalu masih terpajang saat ini, jangan pernah ragu untuk membelinya. Mengapa? Karena harga yang ditawarkan miring.

Kalau sudah begini, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah. Koleksi lama bukan berarti ketinggalan zaman. Setelah mengetahui strategi berburu barang branded, sudah siapkah Anda untuk melakukan hunting?

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Digusur, Wanita Ini Malah Bangun Patung Buddha

Posted: 21 Jul 2017 08:00 PM PDT

Seorang perempuan dari Zhengzhou, Tiongkok rela mendirikan patung Buddha raksasa berlapis emas demi mempertahankan rumahnya yang akan digusur untuk real estate.

Perempuan bernama Lian dilaporkan membangun patung Buddha setinggi 10 meter di desa tempatnya tinggal untuk melindungi satu rumah terakhir agar tidak berubah menjadi debu.

Tetangga Lian dan penduduk desa lainnya sebelumnya telah sepakat untuk menjual rumah mereka dengan menerima penawaran dari pengembang yang akan mengubah desa menjadi perumahan bergengsi.

Seperti diberitakan Shanghaiist, Sabtu (21/7/2017), patung Buddha berlapis emas itu bahkan didanai sendiri oleh Lian, keluarga dan teman-temannya. Demi mempertahankan rumahnya tersebut, Lian bahkan rela merogoh kocek 500 ribu yuan atau setara dengan Rp 986 juta untuk mendanai pembuatan patung Buddha itu.

(shanghaiist.com)

Tindakannya tersebut ternyata menimbulkan perdebatan warga setempat. Beberapa orang malah menuduh Lian hanya berusaha menaikkan harga properti. Namun, keponakan Lian mengatakan bahwa tantenya sebenarnya seorang Buddhis yang sangat saleh.

"Dia bilang dia ingin pindah, tapi sang Buddha tidak mau," kata keponakan Lian kepada Sixth Tone.

Hingga kini, Lian masih berusaha bernegosiasi dengan pengembang agar tak menggusur rumahnya yang penuh kenangan tersebut.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancelotti Isyaratkan Pemain Ini Bakal Gabung AC Milan

Posted: 21 Jul 2017 08:00 PM PDT

Pelatih Bayern Muenchen, Carlo Ancelotti, mendukung langkah AC Milan merekrut Renato Sanches. Pernyataan Ancelotti ini seperti mengisyaratkan gelandang Portugal itu bisa bergabung dengan tim Serie A tersebut.

Sanches dilaporkan jadi target terakhir belanja besar AC Milan. Klub besar Italia itu sebelumnya telah menandatangani sejumlah pemain bintang, termasuk bek tengah Italia, Leonardo Bonucci dan Andre Silva.

CEO Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge, telah mengklaim bahwa Sanches bisa berada di luar kesepakatan harga Milan. Namun, dia juga sempat menyarankan agar Sanches bisa dipinjamkan ke San Siro.

Berbicara menjelang pertandingan terakhir Piala Internasional Bayern melawan Milan di Shenzhen Sabtu, Ancelotti mengisyaratkan bahwa Sanches masih bisa pindah ke klub Italia tersebut.

"Milan memiliki jendela transfer yang bagus sejauh ini," kata Ancelotti kepada wartawan. "Mereka telah membeli banyak pemain dan dampak dari pemilik baru [Li Yonghong Rossoneri Sport Investment Lux] sangat penting.

"Saya berharap mereka memiliki musim yang hebat, saya memiliki hubungan baik dengan pelatih kepala [AC Milan Vincenzo] Montella dan saya pikir dia melakukan pekerjaan dengan baik musim lalu," kata Ancelotti.

Renato Sanches masih belum menunjukkan performa yang maksimal untuk Bayern Munchen. (ESPN)

Ancelotti menilai Milan saat ini akan tampil lebih baik, dan mereka akan berjuang untuk meraih Scudetto. Milan, kata dia, kini telah banyak berubah.

"Saya selalu senang menghadapi Milan karena saya masih penggemar Milan dan saya mendorong pemain saya untuk menjadi penggemar Milan.

"Sanches? Saat ini dia bekerja untuk kita, tapi iya saya sedang berusaha membuatnya menjadi penggemar Milan."

Namun bos Bayern tersebut, mengindikasikan tidak akan ada pengumuman segera mengenai potensi pergerakan gelandang berusia 19 tahun itu.

"Tidak ada yang baru di masa depannya," Ancelotti menambahkan.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: 6 Gaya Hidup Sehat untuk Dapatkan Berat Ideal

Posted: 21 Jul 2017 08:00 PM PDT

Memiliki berat badan dan tubuh yang ideal tentu menjadi impian semua wanita. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah berolahraga dan diet. Namun, ada cara mudah dan sederhana untuk mendapatkan berat bada ideal tanpa diet. Penasaran?

Tyas Mirasih telah melangsungkan pernikahannya pada awal Juli lalu. Ia pun tengah menikmati masa-masa bulan madu yang intim dan manis bersama sang suami, Raiden Soedjono.

Secara mengejutkan, vokalis Linkin Park Chester Bennington ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri pada usianya yang ke-41 tahun. Semasa hidupnya, ia pernah mengalami masa lalu yang kelam hingga percobaan bunuh diri akibat depresi.

Ketiga berita tersebut terlampir selengkapnya dalam top 3 Lifestyle pagi ini, Sabtu (22/7/2017).

1. 6 Gaya Hidup Sehat untuk Mendapatkan Berat Ideal Tanpa Diet

Berikut enam cara rutin untuk turunkan berat badan yang dapat Anda lakukan dengan mudah seharian. (Foto: iStockphoto)

Ada beberapa gaya hidup rutin yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk mendapatkan berat badan ideal. Coba lakukan enam cara rutin berikut ini dan siap-siap dapatkan berat badan impian tanpa diet. Penasaran? Baca artikel selengkapnya di sini.

2. Intip Gaya Honeymoon Tyas Mirasih yang Intim dan Seksi

Setelah melangsungkan pernikahannya pada awal Juli lalu, Tyas Mirasih menjalani honeymoon yang intim dan seksi. Yuk, intip gayanya. (Instagram/tyasmirasih)

Tyas Mirasih telah melangsungkan pernikahannya pada awal Juli lalu. Wanita kelahiran Jakarta 8 April 1987 ini pun tengah menikmati masa-masa bulan madu yang intim dan manis bersama sang suami, Raiden Soedjono. Pilihan tempat bulan madu Tyas Mirasih pun tidak jauh-jauh, karena staycation di Jakarta saja sudah terasa begitu intim dan mesra. Baca artikel selengkapnya di sini.

3. Chester Bennington Selamat dari Percobaan Bunuh Diri di 2009

Simak di sini beberapa fakta menyedihkan di balik kematian Chester Bennington, vokalis Linkin Park.

Vokalis Linkin Park Chester Bennington ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri pada usianya yang ke-41 tahun. Chester Bennington ditemukan gantung diri di kediaman pribadinya, Palos Verdes Estates, California, Amerika Serikat. Ada beberapa fakta menyedihkan di balik kematian Chester Bennington yang harus Anda ketahui. Baca artikel selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hutan Sumatera Hilang 9 Juta Hektare dalam 25 Tahun

Posted: 21 Jul 2017 08:00 PM PDT

Kondisi hutan di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera semakin mengkhawatirkan. Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi menyatakan, dalam kurun waktu 25 tahun terakhir, hutan Sumatera hilang sembilan juta hektare.

KKI Warsi adalah lembaga non-pemerintah yang fokus pada isu lingkungan ini mencatat, dari analisis citra satelit Lansat pada 2015 memperlihatkan, lahan kritis atau areal terbuka meningkat sebanyak 556 persen. Peningkatan kawasan perkebunan 141 persen dan peningkatan Hutan Tanaman Industri (HTI) sebanyak 381 persen.

"Jika laju deforestasi tidak dikendalikan, maka dalam kurun waktu 25 tahun ke depan tidak ada lagi hutan di Sumatera," ujar anggota Dewan Pengawas KKI Warsi, Sukri Sa'ad di Jambi, Jumat 21 Juli 2017.

Menurut dia, sejak 1990an tutupan hutan di Sumatera tercatat masih 20 juta hektare. Namun hingga tahun 2015 lalu, tutupan hutan tinggal bersisa 11 juta hektare saja.

"Untuk melindungi hutan kita, perlu ada upaya yang nyata," katanya.

Dia mengatakan, hilangnya tutupan hutan di Sumatera menjadi pemicu timbulnya bencana ekologi maupun perubahan iklim. Salah satu buktinya adalah bencana banjir yang kini kerap melanda sejumlah wilayah di Provinsi Jambi.

KKI Warsi mencatat, antara 2010-2016, korban meninggal akibat bencana banjir maupun tanah longsor di Jambi mencapai 46 orang. Sementara korban meninggal akibat penambangan liar tercatat 55 orang.

Tak hanya itu, kencangnya laju deforestasi juga berdampak secara sosial. Di mana sebagian besar masyarakat yang tinggal di kawasan hutan Sumatera masih pada taraf ekonomi lemah. Ketersediaan pangan mapun air bersih semakin berkurang.

Direktur KKI Warsi, Dicki Kurniawan menambahkan, meski pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan moratorium perizinan pembukaan hutan dan lahan perkebunan sejak 2011 lalu, nyatanya laju deforestasi tetap saja tinggi.

"Selain itu, patut disayangkan adalah sampai saat ini data-data terkait perizinan itu belum dipublikasikan oleh pihak terkait," kata Dicki.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sahabat Ungkap Pengakuan Mengejutkan soal Pretty Asmara

Posted: 21 Jul 2017 08:00 PM PDT

Polisi menangkap Pretty Asmara terkait kasus narkoba. Dalam penangkapan itu, polisi juga mengamankan tujuh rekan artis Pretty Asmara. Yakni, Lia Emilia, Sisi Salsabila, Daniar Widiana, Asri Handayani, dan Erlin Susanti.

Kelimanya kompak tak percaya dengan keterangan polisi yang menyebut Pretty Asmara sudah dua tahun mengedarkan narkoba.

"Selama 10 tahun saya kenal Pretty, dia enggak pernah tawarkan narkoba. Pretty memang ajak happy acara ultah, kumpul, foto, itu aja. Dia enggak pernah tawarin narkoba, enggak ada sama sekali," kata Lia Emilia, saat menggelar konfrensi pers di kawasan Depok, Jawa Barat, Jumat (21/7/2017).

Lia Emilia menangis keketika menceritakan penggerebekan polisi ketika ditangkap dalam pesta narkoba bersama Pretty Asmara. (Herman Zakharia/Liputan6.com)


"Saya kenal dia sudah 17 tahun. Saya sedih kalau orang hujat Pretty, saya mengenal benar siapa Pretty. Saya enggak mau orang mengenal dia penjahat atau pengedar, karena itu semua enggak benar," timpal Asri Handayani.

Selain itu, Lia Emilia mengatakan bahwa Pretty Asmara sudah tak lagi akrab dengan narkoba. Pelantun lagu "Gonjang Ganjing" ini menyebut Pretty Asmara telah berhenti mengonsumsi narkoba sejak dua tahun terakhir.

"Yang kami tahu Pretty sudah tidak (pakai narkoba). Sudah dua tahun lebih Pretty tidak menggunakan narkotika," tutur Lia Emilia.

Di sisi lain, Asri Handayani juga mengungkap sebuah penyakit yang diderita pesinetron Saras 008 tersebut. Di balik tubuh besarnya, Pretty Asmara rupanya memiliki miom di bagian rahim.

Pretty Asmara

"Kami tahu Kak Pretty memang ada penyakit. Itu yang harus digarisbawahi. Dia tidak sama dengan kita, dari postur badannya sudah melebihi dan berbeda. Dia juga kalau punya pikiran, karena ada miom di rahimnya. Dia baik banget, dan kami akan support Kak Pretty terus," ujar Asri Handayani.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap Pretty Asmara dan seorang rekannya, Hamdani, di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (16/7/2017) dini hari. Dari tangan Pretty Asmara dan Hamdani, polisi mengamankan 0,9 gram sabu beserta alat isap.

Tak cuma itu, di ruang karaoke polisi juga menggerebek tujuh artis yang ikut dalam pesta narkoba Pretty Asmara. Hasil tes urine tujuh artis tersebut dinyatakan positif narkoba dan dikenakan wajib lapor. Dari tempat menyanyi itu, polisi mendapatkan 1,12 gram sabu, 23 butir ekstasi, serta 38 pil H5.

Kepada polisi, Pretty Asmara mengaku telah dua tahun mengedarkan narkoba di kalangan artis. Polisi menyangka Pretty Asmara melanggar Pasal 114 dan 112 UU Narkotika jo UU Psikotropika. Ia terancam hukuman 20 tahun penjara. (fei)

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Pria India Jalani Operasi Otak Sambil Memainkan Gitar

Posted: 21 Jul 2017 08:00 PM PDT

Tak ada rasa canggung dan takut bagi Abhishek Prasad. Jemarinya tetap lincah memetik senar gitar kepunyaannya. Padahal, pria asal India itu tengah menjalani operasi otak di ruang bedah.

Dikutip dari laman Straits Times, Sabtu (22/7/2017), cara seperti ini merupakan hal tak biasa yang kerap digunakan selama proses operasi otak.

Abhishek Prasad diketahui menderita kelainan neurologis (kelainan saraf) yang menyebabkan salah satu jari-jemarinya saling menempel. Hal ini sangat membuatnya terganggu, terlebih ia menyukai dunia musik.

Sebelum memutuskan untuk menjalani operasi di rumah sakit. Pria berusia 37 tahun itu telah mencari pengobatan alternatif. Namun, tetap saja tak berhasil.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjalani pengobatan di Rumah Sakit Bhagwan Mahaveer Jain di Bangalore. Meski dengan prosedur yang dianggap aneh -- yaitu menjalani operasi sambil bermain gitar.

Ahli bedah membelah salah satu bagian tengkorak kepala Abhishek dengan bantuan anestesi (pembiusan lokal) dan memasang elektroda. Sehingga memungkinkan tim medis untuk menentukan bagian mana yang tepat untuk menyembuhkan pasien.

"Selama proses operasi, Abhishek tetap terjaga sambil bermain gitar," ujar Dr Sharan Srinivasan.

"Cara ini merupakan yang sangat penting guna mendukung kerja tim medis dalam menemukan titik mana yang bermasalah pada otak. Dengan bermain gitar akan terlihat reaksi otak," tambahnya.

Abhishek menggambarkan proses operasi itu seperti sebuah keajaiban. Sebab, selama tujuh jam operasi jari jemarinya perlahan-lahan mulai tangkas.

"Saya kagum melihat jari-jari saya mulai membaik secara ajaib selama proses operasi. Kini, jari-jari saya 100 persen sudah sembuh dan tak menempel lagi seperti dahulu," ujar Abhishek Prasad.

Pasca-operasi, jahitan di kepala Abhishek Prasad masih belum sembuh total. Namun, ia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada tim dokter sebab kondisinya sudah kembali sedia kala.

Meski langka, kejadian semacam ini bukanlah yang pertama. Pada tanggal 9 September 2014, Elishuv seorang pemain biola didiagnosis menderita kanker otak.

Kala itu, Elishuv menjalani operasi pembedahan otak. Ia diminta dokter untuk bermain biola selama prosedur, untuk melihat responnya dalam pemasangan alat bantu untuk mengurangi getaran tubuh pada pasien.

"Ketika kami mengaktifkan rangsangan di lokasi yang tepat, kami menemukan bahwa getaran padanya telah menghilang. Lalu, Elishuv terus memainkan instrumen Mozart dengan penuh emosi, tanpa memiliki getaran atau efek samping lainnya," kata direktur rumah sakit bedah saraf fungsional, Yitzhak Fried.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisakah Balita Berisiko Terkena Kanker Tiroid?

Posted: 21 Jul 2017 08:00 PM PDT

Pertumbuhan kelenjar tiroid yang tidak terkendali dapat berisiko menimbulkan kanker tiroid. Pada awalnya, kanker tiroid terjadi akibat gangguan tiroid berupa hipotiroid (kekurangan tiroid) dan hipertiroid (kelebihan tiroid) yang semakin parah.

Kondisi ini ditandai benjolan pada leher disertai nyeri di sekitar leher, kesulitan bernapas hingga hilangnya suara. Dari berbagai kasus yang ditemui, kanker tiroid biasa dialami orang usia 20-55 tahun.

Sementara itu, balita tidak punya risiko mengalami kanker tiroid.

"Gangguan tiroid itu bisa dialami balita. Bahkan bayi yang lahir pun bisa menderita gangguan tiroid kalau ibunya menderita gangguan tiroid. Tapi tidak sampai mengarah pada kanker tiroid," jelas ahli endokrin Fakultas Kedokteran UI-RS Cipto Mangunkusumo, dr Farid Kurniawan, SpPD dalam acara Sehatkah Tiroidmu? Mengenal Hipotiroid, Hipertiroid, dan Kanker Tiroid di Shangri-la Hotel Jakarta pada Jumat (21/7/2017).

Adapun gangguan tiroid pada balita akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan. Seiring usia, balita bisa mengalami keterbelakangan mental dan tingkat intelegensi IQ di bawah normal (IQ normal lebih dari 90).

Untuk itu, lakukan pemeriksaan tiroid sedini mungkin pada balita. Jika terlambat ditangani, tumbuh kembang balita tidak akan pulih. Perawatan yang dilakukan terlambat pun hanya bisa mengembalikan metabolisme tubuh saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy S9 Punya Ukuran Layar 5,77 Inci?

Posted: 21 Jul 2017 08:00 PM PDT

Galaxy S8 dan S8 Plus baru diumumkan beberapa bulan lalu, tetapi informasi mengenai suksesor keduanya, Galaxy S9 dan S9 Plus, sudah bermunculan. Menurut sebuah laporan, Galaxy S9 dan S9 Plus akan memiliki ukuran layar yang tak jauh berbeda daripada pendahulunya.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (21/7/2017), Samsung dilaporkan menyiapkan layar berukuran 5,77 inci untuk Galaxy S9 dan 6,22 inci untuk Galaxy S9 Plus. Sebagai perbandingan, Galaxy S8 memiliki layar berukuran 5,8 inci, sementara Galaxy S8 Plus 6,2 inci.

Meski ukuran layarnya hampir sama, bukan berarti tidak ada pembaruan pada layar seri Galaxy S9. Salah satu fitur baru yang akan ada adalah sensor sidik jari di balik layar.

Sejumlah vendor smartphone termasuk Samsung memiliki ketertarikan pada letak sensor sidik jari di balik layar. Qualcomm dan Vivo sudah memperlihatkan purwarupa layar semacam itu, sehingga diperkirakan produknya akan siap pada tahun depan. Apple pun diyakini sedang berusaha merealisasikan hal tersebut.

Lebih lanjut sampai saat ini belum diketahui perkembangan pengembangan sensor sidik jari pada layar Galaxy S9. Smartphone tersebut juga dilaporkan akan mengusung Infinity Display dengan sisi melengkung dan hampir tanpa bezel.

(Din/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenalkan Keberagaman dalam Perayaan Hari Anak Nasional 2017

Posted: 21 Jul 2017 07:53 PM PDT

Hari Anak Nasional (HAN) dirayakan setiap 23 Juli. Pada HAN 2017, Jaringan Proklamasi Anak Indonesia (PAI) dan Lembaga Daya Dharma (LDD) bekerja sama dengan 39 organisasi mengadakan kegiatan Suara Anak Nasional dengan tema 'Berteman, Yuk!'

Acara yang diadakan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta ini dihadiri oleh ratusan anak-anak negeri. Anak-anak yang hadir dari berbagai wilayah di Jakarta ini terlihat gembira dengan acara ini.

Sebagian anak yang memiliki kreativitas sempat diajak naik ke panggung oleh panitia. Mereka dipersilakan memperlihatkan keahlian mereka dalam bermusik, bernyanyi, maupun baca puisi.

Sebagian anak juga terlihat menggantungkan secarik kertas yang sudah mereka gambar dengan pensil warna. Dari gambar-gambar tersebut, mereka menyisipkan kata-kata yang menyuarakan tentang kebersihan dan setop kekerasan terhadap anak.

"Anak-anak di sini rata-rata sudah melek dengan isu nasional. Mereka meminta agar pemerintah mendengarkan aspirasi dan mendorong partisipasi anak," ujar Ketua PAI Bayu Jiwo Aji, di Katedral, Jakarta, Sabtu (22/7/2017).

Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat lebih peduli lagi dengan anak-anak Indonesia dengan selalu memberikan hak-hak sebagai anak untuk mereka.

Salah satu alasan acara ini diadakan di sekitaran rumah ibadah umat Islam dan Kristiani ini dalam rangka memperkenalkan keberagaman agama dan kepercayaan untuk anak.

"Istiqlah dan Katedral merupakan simbol dua agama, di sini (Indonesia) memang lebih dari dua agama, namun kami di sini bermaksud untuk mengenalkan keberagaman," kata dia.

Puncak acara ini rencananya digelar pada Minggu 29 Juli di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Berseri, Jakarta Timur. Acara tersebut akan menghadirkan pagelaran karya anak dan penampilan dari band-band yang peduli terhadap isu anak.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: