Kamis, 06 November 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Prediksi Indra Sjafri Soal Final ISL 2014

Posted: 06 Nov 2014 08:54 PM PST

Persipura Jayapura bakal mencoba mempertahankan gelar Liga Super Indonesia (ISL) yang mereka raih musim lalu. Mutiara Hitam --sebutan Persipura-- akan menghadapi Persib Bandung di Stadion Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11/2014).

Partai final ISL 2014 itu menjadi sorotan mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Dia menilai kalau pertandingan Persipura kontra Maung Bandung --sebutan Persib-- bakal berlanjut hingga adu tendangan penalti.

"Ya, pertandingan akan berjalan sangat sengit. Saya pikir, mereka akan bermain imbang 0-0 hingga 90 menit. Setelah itu, pertandingan akan berlanjut hingga adu penalti," ucap Indra kepada Liputan6.com.

Masih kata Indra, secara materi, tim asuhan Djadjang Nurdjaman lebih unggul ketimbang Mutiata Hitam. Pria asal Padang tersebut menilai Atep bakal menjadi pemain kuncu Maung Bandung.

"Secara materi Persib lebih unggul. Belakangan, mereka tampil lebih garang di penghujung babak kedua. Atep juga lagi bagus-bagusnya," tutup mantan pemain PSP Padang tersebut.

Sejauh ini, Persipura telah memenangkan ISL sebanyak empat kali. Sedangkan Persib sudah 20 tahun menanti mengangkat trofi paling bergengsi di sepak bola Indonesia itu.

 

Baca Juga:

[Manchester City Akan Pecat Pellegrini, Jika....](2130436 "")

[Persipura Tak Gentar Jakabaring Dibanjiri Bobotoh Persib](2130435 "")

[Van Gaal Siapkan Skenario Lain Jika RvP Masih Mandul](2130456 "")

Cara Membuat Donat Rendah Garam

Posted: 06 Nov 2014 08:52 PM PST

Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung, ginjal dan hati adalah dengan melakukan diet garam. Dalam hal ini, yang dimaksud garam bukan hanya garam dapur saja, melainkan semua garam natrium.

Meskipun sedang diet, bukan berarti Anda tidak bisa makan enak. Ada beberapa resep yang dibuat khusus untuk Anda yang sedang diet garam. Salah satunya adalah donat rendah garam.

Bagaimana cara membuat donat rendah garam? Berikut resepnya seperti dikutip dari BBC Good Food, Jumat (7/11/2014).

Bahan-bahan

Bahan-bahan

- 140 gram gula kastor, ditambah 200 gram tambahan sebagai taburan

- 200 gram tepung terigu

- 1 sendok teh bikarbonat

- Yoghurt alami 100 ml

- 2 butir telur, pecahkan

- 1 sendok teh ekstra vanila

- 140 gram mentega

- 12 sendok teh selai raspberry

Cara Membuat

Cara Membuat

1. Panaskan oven 190 derajat. Olesi 12 buah muffin dengan mentega. Masukkan gula, tepung dan bikarbonat dalam mangkuk dan aduk merata. Gabungkan juga yoghurt, telur dan vanili dalam wadah lainnya. Dua adonan ini kemudian campurkan dan aduk hingga rata.

2. Masukkan adonan ke dalam 2/3 bagian muffin. Lalu, tambahkan satu sendok teh selai raspberry pada masing-masing muffin. Tutup dengan campuran yang tersisa. Panggang selama 16-18 menit sampai berkembang, menguning dan kenyal saat disentuh.

3. Tiriskan muffin selama 5 menit. Lalu angkat adonan dan taburkan gula kastor tambahan.

Donat rendah gula pun selesai. Hidangkan dengan teh atau kopi akan lebih nikmat. Sebagai informasi tambahan, donat ini mengandung 229 kalori, 3 gram protein, 29 gram karbohidrat dan 11 gram lemak.

Baca Juga:

[Asian Chicken Salad, Resep Masakan Sehat untuk Makan Siang Anda](2129324 "")

[Resep Masakan Sehat untuk Sarapan](2128378 "")

 

Mengintip Kendaraan Tempur TNI Buatan Anak Negeri

Posted: 06 Nov 2014 08:50 PM PST

Kendaraan berat yang berfungsi sebagai alat tempur Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah dipasok dari perusahaan dalam negeri. PT Pindad adalah pembuat kendaraan dan alat tempur yang digunakan oleh TNI maupun Kepolisian Republik Indonesia.

Panser Anoa merupakan salah satu kendaraan tempur yang diproduksi PT Pindad untuk berperang melawan musuh. Panser tersebut telah dimodofikasi dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhannya.

Panser anti-pesawat ini menjadi salah satu kendaraan tempur yang dipamerkan PT Pindad di ajang Indo Defence 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ingin tahu seperti apa bentuk panser Anoa yang bertugas membidik kendaraan terbang milik musuh? Lihat penampakannya di halaman selanjutnya... 

NEXT

Seorang anggota TNI AU berfoto di atas mobil panser anti-pesawat TNI, Panser Anoa.

NEXT

Mobil panser anti pesawat Anoa ini merupakan buatan PT Pindad, perusahaan pembuat senjata dalam negeri.

NEXT

Kendaraan ini bisa mengangkut 4 orang personil di bagian belakang. Perangkat komunikasi dipasang langsung ke helm yang dipakai setiap tentara.

NEXT

Moncong senapan berat anti-pesawat siap untuk membidik kendaraan tempur musuh di medan perang.

'Pinjam' Baju Sampai Pulang Sebelum Beli

Posted: 06 Nov 2014 08:50 PM PST

Gu merupakan sebuah toko yang membolehkan pengunjungnya untuk memakai terlebih dahulu pakaian yang hendak dibelinya. Yang dimaksud dengan `memakai` di sini bukan sekadar mencoba baju tersebut di kamar ganti toko. Melainkan memakainya hingga keluar toko. Baju tersebut harus dipulangkan di hari yang sama. Toko tersebut menyebut layanan ini dengan nama `Gu Fitting`. Tak butuh ID atau deposit, untuk menikmati layanan ini. Anda hanya perlu memilih baju (hingga 3 item) dan mendaftarkan nama serta nomor kontak Anda. Dilansir dari The Telegraph, untuk saat ini, pihak toko membatasi layanan tersebut hanya untuk 30 orang per hari saja.

Prisia Nasution Mengajar Bikin Film di Gunung

Posted: 06 Nov 2014 08:50 PM PST

Selain syuting, Prisia Nasution punya kegiatan baru yang tak kalah seru. Bintang film Sang Penari ini sedang asyik menikmati kesibukannya sebagai volunteer sebuah LSM. Pia, sapaan Prisia, diminta untuk membantu berbagi ilmu tentang film kepada masyarakat sekitar Gunung Gede Pangrango dan Sungai Cisadane.

"Aku lagi jadi volunteer mengajar di gunung dekat Cisadane. Supaya yang di sana cinta dengan negara mereka juga. Di gunung itu masalahnya pelik, makanya aku mengajarkan mereka untuk mulai mencintai tempatnya, temukan kebaikan di sana," kata Prisia di kawasan TMII, Jakarta Timur, Kamis (6/11/2014) malam.

"Habis itu bikin skenario, terus bikin film pendek deh. Lumayan mereka bisa bikin 30 menit film pendek," sambungnya.

Meski sifatnya sebagai pemberi bantuan, namun Pia mengaku justru mendapat banyak ilmu dari masyarakat sekitar. Cewek 30 tahun ini makanya semangat ketika harus mengorbankan waktunya untuk berbagi ilmu pergi ke gunung.

"Banyak pelajaran yang aku dapat. Aku merasa yang aku bagi sedikit ke mereka tapi yang aku dapat banyak, seperti ilmu kesederhanaan. Nggak cuma gedung-gedung seperti Monas," terang Pia.

"Ini nggak ada urusan aku sebagai publik figur, hidup itu artinya kan untuk memberi dan berdedikasi," imbuhnya.

Oleh karena itu, penyabet Piala Citra FFI 2011 ini berinisiatif untuk mengajak rekan-rekan sesama artis melakukan kegiatan serupa.

"Iya dong akan ajak artis juga, cuma susahnya karena kesibukan mereka syuting. Saya yakin kalau waktunya pas mereka sih mau. Aku saja dulu setiap weekend dan kalau pas libur saja sih. Soalnya kalau hari biasa mereka yang di gunung juga sekolah," tuntas Prisia Nasution.(Ras/Mer)

Menteri PAN-RB Tampung Ribuan Pengaduan dari Masyarakat

Posted: 06 Nov 2014 08:42 PM PST

Setelah nomornya tersebar dan menerima banyak masukan dari masyarakat, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi lantas mengumumkan beberapa layanan pengaduan dan informasi yang bisa diakses masyarakat luas. Hanya dalam sepekan, Yuddy telah menerima ribuan pengaduan dari masyarakat di seluruh Indonesia.

"Pengaduan sebagian besar terkait seleksi CPNS, penanganan K1 dan K2, pelayanan publik terutama menyangkut KTP, pendidikan dan pertanahan," terang Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman melalui pesan singkat pada Liputan6.com, seperti ditulis Jumat (7/11/2014).

Dia menjelaskan situs pengaduan KemenPAN-RB yang bisa diakses melalui alamat www.siduta.mwnpan.go.id, tercatat telah menerima 2.346 pengaduan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 744 pengaduan telah diproses.

Sementara 1.548 pengaduan lainnya masih dalam proses. Meski begitu, masih ada 54 pengaduan yang belum diurus sejak masuk pada periode Januari hingga Oktober 2014.

Sementara melalui layanan email halomenpan@menpan.go.id, Yuddy telah menampung sekitar 79 pengaduan dan 65 diantaranya telah selesai diproses. Tak hanya melalui akses internet, KemenPAN-RB juga menerima 307 pengaduan masyarakat melalui pesan singkat (Short Message Service/SMS).

Hingga saat ini, 275 pesan pengaduan via SMS telah diproses. Sementara 7 lainnya tidak akan diproses karena informasi yang diberikan tidak lengkap.(Sis/Nrm)

Polisi: Penembakan di Rumah Amien Rais Pakai Senjata Rakitan

Posted: 06 Nov 2014 08:42 PM PST

Pelaku penembakan mobil di rumah mantan Ketua MPR [Amien Rais](2130301 "") di Jalan Pandean Sari, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, menggunakan senjata rakitan saat menjalankan aksinya pada Kamis 6 November dini hari pukul 02.00 WIB.

"Kesimpulan sementara dari Labfor Semarang berdasarkan temuan selongsong, pelaku menggunakan senjata tidak standar atau rakitan," kata Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) AKBP Anny Pudjiastuti, Jumat (7/11/2014).

Anny menjelaskan, pada Kamis kemarin kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan menemukan selongsong yang terdapat patahan. "Hasil dari Labfor olah TKP, di lokasi ditemukan satu selongsong peluru di depan pagar rumah Amin Rais," ujar dia.

Anny menuturkan, dari selongsong peluru yang ditemukan diduga, selongsong pernah ditembakan sebelumnya. Hal ini terlihat dari bibir selongsong peluru terdapat kerusakan atau patahan. Selongsong peluru peluru kaliber 233 atau kaliber 5,56 X 45 mm standarnya menggunakan 4,5 cm, namun selongsong yang digunakan hanya berukuran 1,5 cm.

"Ada bekas di bibir selongsong dan ukuran selongsong pun juga berkurang menjadi hanya 1,5 cm. Terdapat kerusakan atau patahan di bibir selongsong, ini yang menunjukan pernah ditembakan," tegas Anny.

Rumah Amien Rais di Perumahan Pandean Sari, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta menjadi sasaran penembakan orang tak dikenal. Mobil Toyota Harrier bernomor polisi AB 264 AR ditembak pada Kamis 6 November pukul 02.00 WIB. Peluru menembus bagian belakang mobil tersebut.

Saat kejadian [penembakan](2130324 ""), Amien Rais sedang tidur di rumah tersebut. Satpam yang berjaga saat itu melihat pelaku melarikan diri menggunakan sepeda motor sesaat setelah melepaskan tembakan. (Mut)

Isu Pernikahan Jessica Iskandar Fiktif, Gereja Beri 10 Pernyataan

Posted: 06 Nov 2014 08:40 PM PST

Gereja Yesus Sejati ikut terseret dalam kemelut pernikahan antara Jessica Iskandar dan Ludwig Franz Willibald. Menurut catatan resmi, di gereja itu Jessica dan Ludwig menjalani pemberkatan pernikahan pada Desember 2013.

Namun, Ludwig Franz Willibald merasa tak pernah menikahi Jessica Iskandar. Alhasil, ia menggugat batal nikah ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Dalam laporan ke pengadilan, Ludwig juga mencantum pihak gereja sebagai tergugat.

Lantas, apa tanggapan gereja terkait hal ini? Kuasa hukum Gereja Yesus Sejati, Edy Santoso, memberi keterangan pers pada Jumat (7/11/2014). Edy pun memberikan 10 pernyataan mengenai kasus yang menyeret gereja terkait pernikahan Jessica Iskandar-Ludwig Franz Willibald.

Berikut pernyataan dari Gereja Yesus Sejati:

1. Gugatan pembatalan perkawinan dan relas (surat) panggilan sidang dari juru sita PN Jakarta Pusat, mengenai gugatan pembatalan perkawinan antara Yesisca Iskandar dan Ludwig Franz Willibald.

2. Gereja Yesus Sejati tak punya masalah apapun dengan tergugat dan penggugat.

3. Gereja Yesus Sejati turut terbawa dalam kasus ini.

4. Gereja Yesus Sejati sedang mempelajari dalil yang tercantum dari gugatan pengggugat.

5. Kami perlu mempelajari seluruh dalil dan pasal secara komperhensif.

6. Gereja Yesus Sejati sedang mempersiapkan bukti untuk menjelaskan di muka persidangan. Rabu itu pertemuan mediasi, gugatan, dan seterusnya sampai keputusan.

7. Saat ini bukti ini tak dapat disampaikan ke wartawan lebih dulu. Sebagian bukti sudah dipersiapkan.

8. Sehubungan kasus ini masuk ke ranah hukum. Para pihak dan tergugat dua untuk menyampaikan klarifikasi, penjelasan, dan bukti.

9. Sehubungan gugatan sudah dilayangkan, Gereja Yesus Sejati sebagai tergugat dua, kami akan menghadiri sidang pada 12 November 2014.

10. Mengenai kami punya bukti atau tidak punya bukti, akan kami sampaikan di persidangan nanti.(Jul/Mer)

Mendamba BIN yang Humanis di Pemerintahan Jokowi-JK

Posted: 06 Nov 2014 08:37 PM PST

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat MPR Khatibul Umam Wiranu mengharapkan Presiden Jokowi memilih Kepala [Badan Intelijen Negara](2129765 "") (BIN) baru yang memiliki profesionalitas yang terukur. Juga perlu memahami karakteristik bangsa Indonesia yang plural.

"BIN era pemerintahan Jokowi harus mengedepankan human intelijen, tanpa menafikan pendekatan yang lain. Pendekatan ini tidak lagi menggunakan cara-cara kekerasan namun lebih bersifat persuatif, edukatif, dan humanis," kata Umam kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Human intelijen menurutnya, juga meniscayakan BIN tak lagi menggunakan cara-cara represif dalam merespons gejala-gejala gerakan yang mengganggu keamanan negara di masyarakat.

"Namun cara persuasif lebih ditekankan. Dengan cara ini, akan menjadikan kelompok yang awalnya antinegara, antiinstitusi-institusi formal kenegaraan, justru bisa berubah menjadi kekuatan yang memperkuat negara, pemerintah," ujar Umam.

Oleh karena itu, lanjut Umam, dalam konteks ini sumber rekruitmen Kepala BIN bisa dari kalangan mana saja baik militer maupun non-militer. Ia menambahkan, bila Kepala BIN akhirnya diambil dari sipil maka dapat menjadi terobosan penting untuk mengondisikan dalam konteks pendekatan human intelejen. BIN tidak  boleh menakutkan rakyat, ia justru berupaya disegani rakyat dengan memberi rasa aman.

"Sebagai contoh sederhana, para [teroris](2129765 ""), kaum sparatis, dan penganut ideologi selain Pancasila yang sudah tertangkap maupun yang dalam pengamatan aparat, tidak bisa serta merta dilakukan tindakan kekerasan terhadap mereka. Tetapi mereka juga harus difasilitasi, diberi ruang oleh negara untuk memperoleh pekerjaan yang layak demi menghidupi keluarganya," tandas Umam.

KHL DKI Akhirnya Ditetapkan Menjadi Rp 2,5 Juta

Posted: 06 Nov 2014 08:36 PM PST

Dewan Pengupahan akhirnya menetapkan Kebutuhan Hidup Layak ([KHL](2129750 "")) 2014 setelah melalui rapat yang cukup alot hingga hampir tengah malam. Dalam rapat itu akhirnya KHL ditetapkan senilai Rp 2.538.174,31.

"Rapat sudah digelar beberapa kali. Memang cukup alot karena kan dimulai dari jam 01.00 siang sampai jam 10.00 malam. Nilainya Rp 2.538.174,31," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, Priyono, Kamis, 6 Oktober 2014 malam.

Dia menyebutkan 3 item yang semula masih menjadi perdebatan akhirnya telah disepakati. Ketiga item tersebut yakni kopi, mie instan, dan tabloid. "Sudah sepakat semua yang 3 item itu. Makanya nilai KHL juga sudah kita sepakati," ucapnya.

"Setelah ada nilai KHL ini, baru kita nanti buat rekomendasi untuk besaran nilai UMP ke Plt (Pelaksana tugas) Gubernur rencananya rapat Rabu depan. Kita hanya memberikan rekomendasi, nanti yang menetapkan nilainya Gubernur. Kemudian kita umumkan kepada publik," terang dia.

Dalam rapat, hampir semua unsur Dewan Pengupahan hadir di antaranya pengusaha, pemerintah dan ahli. Sedangkan unsur buruh absen karena sakit.

Sebagai informasi, nilai KHL pada 2012 ditetapkan sebesar Rp 1.401.000 dengan [UMP](2129658 "") sebesar Rp 1.529.150. Sedangkan nilai KHL 2013 sebesar Rp 1.987.789 dengan UMP Rp 2.200.000. Sementara pada 2014 nilai KHL mencapai Rp 2.299.860 dengan UMP sebesar Rp 2.441.301.

"Kita pastikan nilai UMP tahun ini juga akan lebih tinggi dari KHL," tandas Priyono.

Tidak ada komentar: