Senin, 24 November 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Nilai Tukar Rupiah Melemah Saat Dolar Juga Lesu

Posted: 24 Nov 2014 09:10 PM PST

Nilai tukar rupiah tampak bergerak melemah meski nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) juga menurun. Data industri manufaktur AS yang tidak terlalu menggemberikan berpotensi terus menekan nilai tukar dolar AS.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, Selasa (25/11/2014) menunjukkan, nilai tukar rupiah melemah ke level Rp 12.166 per dolar AS. Padahal pada perdagangan sebelumnya nilai tukar rupiah sempat menguat ke level Rp 12.122 per dolar AS.

Sementara data valuta asing Bloomberg, mencatat nilai tukar rupiah melemah 0,12 persen ke level Rp 12.167 per dolar AS pada perdagangan pukul 10:32 waktu Jakarta. Sejak awal sesi perdagangan, nilai tukar rupiah terus berfluktuasi melemah dan sempat menyentuh level Rp 12.173 per dolar AS.

Hingga menjelang siang, nilai tukar rupiah masih berkutat di kisaran Rp 12.138 per dolar AS hingga Rp 12.173 per dolar AS.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesa, Rangga Cipta mengatakan, beberapa mata uang negara-negara di Eropa seperti euro dan pound sterling mengalami penguatan sehingga menekan dolar AS. Namun, nilai tukar dolar AS masih perkasa terhadap beberapa mata uang di Asia termasuk rupiah.

Di Asia, permintaan akan dolar AS memang masih cukup tinggi karena memang beberapa perusahaan di Asia melakukan pelunasan beberapa surat utang dalam bentuk dolar AS yang telah mereka terbitkan beberapa waktu sebelumnya.

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Beberapa perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar bunga obligasi sehingga permintaan dolar AS mengalami kenaikan yang membuat rupiah melemah. Hal tersebut juga terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Namun, pelemahan tersebut dipandang tidak akan terlalu lama terjadi. Pasalnya, investor asing terus masuk ke Indonesia imbas dari sentimen positif dari keputusan Presiden Joko Widodo untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

"Jika dolar AS semakin tertekan, nilai tukar rupiah diperkirakan berbalik menguat akhir perdagangan hari ini," tandasnya. (Sis/Gdn)

Alasan Demi Lovato Sudah Tidak Berteman dengan Miley Cyrus

Posted: 24 Nov 2014 09:10 PM PST

Permusuhan Demi Lovato dengan Miley Cyrus bukan lagi menjadi rahasia. Keduanya dulu berteman baik sebagai bintang Disney hingga menjadi bintang Internasional.

Saat ditanya soal pelantun hits Wrecking Ball itu, Demi Lovato tidak ingin memberikan komentar apa pun. Dilansir dari laman Hollywoodlife, Selasa (25/11/2014), Demi Lovato hanya berharap Miley Cyrus diberikan yang terbaik.

"Um...yaaa...kami, kami cuma seperti, kami hanya kenal. Itulah hidup dan orang-orang telah berubah. Kamu tahu, saya tidak punya komentar apa pun tentang dirinya," ungkap Demi.

Pelantun hits Heart Attack itu mengungkapkan alasannya tak lagi berteman dengan Miley. Demi menjauh lantaran tidak suka dengan gaya hidup temannya tersebut. Begitu pun sebaliknya, Miley merasa Demi sudah tak menyenangkan lagi.

"Demi menghindar untuk berpesta dengan Miley dan berterima kasih untuk semua hal yang telah mereka jalin sebelumnya. Sekarang mereka seperti air dan minyak dalam situasi yang berbeda," ujar sumber.

Perempuan berusia 22 tahun tersebut tidak membayangkan jika bersama Miley Cyrus lagi. Demi Lovato tidak ingin terlalu intim dengan mantan sahabatnya itu.(Fir/Feb)

Taylor Swift dan Ansel Elgort Mulai Berkencan?

Posted: 24 Nov 2014 09:10 PM PST

The Fault in Our Swift? Well, mungkin saja. Taylor Swift dan Ansel Elgort menjadi pasangan yang menutup acara American Music Awards (AMAs) 2014, Minggu (23/11/2014) malam waktu setempat. Rupanya, chemistry keduanya bukan hanya berada di atas panggung saja.

Keduanya tetap merasa nyaman saat beberapa kali difoto bersama. Dan fans keduanya pun menyebut pasangan ini Tansel (Taylor Swift-Ansel Elgort). Dilansir laman Hollywoodlife, Senin (24/11/2014), Taylor Swift dan Ansel Elgort tampak mesra.



Taylor Swift dan Ansel Elgort membuat foto yang sempurna. Masing-masing bersandar dan kepala mereka saling menyentuh. Lengan kekar Ansel memegang erat pinggang Taylor. Dan keduanya memberi senyuman yang manis di wajah mereka.

Mereka memeluk dekat satu sama lain. Dan gambar ini bisa menjadi sebuah dongeng romantis keduanya. Selain tampil bersama di AMAs 2014, rupanya mereka pun hadir bersama di pesta ulang tahun ke-24 Sarah Hyland, selama akhir pekan AMAs juga.



Taylor Swift dan Ansel Elgort bertemu pertama kali di Teen Choice Awards 2014 lalu. Kala itu, Taylor Swift memanggil bintang The Fault in Our Stars itu sebagai aktor film terbaik. Dan Ansel pun berbagi di Instagramnya.

Ansel Elgort memberi judul pada sebuah foto dengan Taylor Swift `Kehidupan nyata?????? Ini gila. Tak cukup mengatakan terima kasih atas semua voting untuk saya. Ya, itulah Taylor Swift memberi saya papan seluncur. Wtf hidup...#tfios`.(Mer/Ade)

Kompensasi BBM, 26 Warga Terancam Tak Dapat Uang 400 Ribu

Posted: 24 Nov 2014 09:06 PM PST

(Selasa : 25/11/2014) Mendekati pembagian uang kompesansi kenaikkan BBM, ratusan warga di Lamongan, Jawa Timur, terancam tidak bisa mengambil uang kompensasi, karena kartu yang dipegang warga miskin sudah digadaikan oleh seorang renternir. Sementara di Padalarang, Jawa Barat, seorang warga tidak dapat mencairkan uang karena kartu KPS-nya hilang.

Sejak pagi, warga Padalarang, Jawa Barat ini rela antri berjam-jam, agar bisa mencairkan uang sebesar 400 ribu rupiah, kompensasi kenaikan harga BBM dalam bentuk Program Simpanan Keluarga Sejahtera atau PSKS. Namun apa hendak dikata, ada beberapa warga yang menelan kekecewaan, setelah berjam-jam antri kartunya tak dapat dicairkan, seperti wanita tua bernama Sopiah ini.

Wanita berusia 70 tahun ini sudah hampir tiga jam mengantri, namun harus gigit jari, karena ditolak pihak kantor pos. Alasannya, nenek ini tidak membawa kartu perlindungan sosial, atau KPS, yang menjadi salah satu syarat utama, untuk mendapatkan uang kompensasi sebesar 400 ribu rupiah. Sopiah beralasan, kartu KPS nya hilang. Berbeda dengan wanita ini. Dengan mengenakan perhiasan dan diperkirakan merupakan warga mampu, justru bisa melenggang dengan aman untuk mencairkan uang 400 ribu rupiah.

Sementara di Lamongan, terdapat sekitar 26 warga miskin di Desa Plaosan Kecamatan Babat, terjerat hutang rentenir, sehingga kartu perlindungan sosial atau KPS, ditahan pihak rentenir dan mereka terancam tak dapat mencarikan uang 400 ribu rupiah.

Seperti yang dialami Maskamah. Wanita ini terpaksa menjaminkan kartu kompensasi kenaikan harga BBM setahun yang lalu sebesar 125 ribu rupiah, dan harus menembus kartu tersebut sebesar 250 ribu rupiah. Uang pinjaman dari rentenir digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sebab, suaminya hanya bekerja sebagai sopir.

Pihak Desa Plaosan akan bekerja sama dengan Muspika agar bisa mengambil kembali kartu KPS yang kini dikuasai rentenir, agar warganya bisa mengambil dana kompensasi 400 ribu rupiah yang sangat mereka sangat butuhkan. (Mohamad Abas/Safari Ranuwijaya/Sup)

#TerimakasihGuru dalam Kompilasi Meme-meme Lucu

Posted: 24 Nov 2014 09:05 PM PST

Hari ini, masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November. Hari Guru Nasional ditetapkan pada tanggal pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia atau biasa disingkat dengan PGRI.

Sama seperti di banyak negara lainnya, peringatan Hari Guru Nasional ini bertujuan untuk mengenang dan mengapresiasi jasa-jasa para guru yang telah mengabdikan diri kepada masyarakat. Mereka ditantang menjadi teladan yang berintegritas.

Meme-meme lucu tentang Hari Guru pun bertebaran di sosial media. Anak muda kreatif Indonesia menyampaikan beberapa pesan lewat meme-meme tersebut. Ada yang berterima kasih namun ada juga yang mencoba melucu. Tujuannya sama, memperingati Hari Guru Nasional. 

 

Jadi, apa yang sudah kamu berikan untuk gurumu di hari guru ini?

*Sumber: 1Cak.com

Motor Kembaran 'Mega Pro' Rilis di Inggris

Posted: 24 Nov 2014 09:00 PM PST

Pabrikan sepeda motor Honda mengumumkan jika pihaknya akan merilis generasi terbaru dari CB125F untuk pasar Eropa. Lewat Gelaran Motorcycle Life yang berlangsung dari 22 hingga 30 November mendatang, sepeda motor Honda 'kembaran' Mega Pro tersebut siap melakoni debut perdananya di benua biru.

Berbeda dengan Mega Pro di Indonesia yang hadir dengan mesin berkapasitas 150 CC, Honda CB125F hadir dengan mesin berkapasitas 124,7 CC. Namun, secara teknis output tenaga dari motor sport naked ini pun menurun dari yang sebelumnya yang sebesar 11,1 HP, kini hanya sebesar 10,5 HP.

Melansir laman Visordown, Senin (24/11/2014), motor suksesor dari CBF125 itu hadir dengan mesin dan balancer shaft baru yang bertujuan untuk mengurangi getaran. Velg roda pada CB125F pun kini menggunakan diameter 18-inci.

Dari segi tampilan, CB125F sekilas mirip dengan Honda Mega Pro yang beredar di Indonesia. Komponen yang membedakan tampilannya hanya pada desain batok lampu yang berdimensi lebih kecil.

Dikatakan pabrikan Jepang tersebut, fokus dari tim engineering Honda dalam menciptakan CB125F ini adalah melansir sepeda motor yang mudah dikendarai di segala medan. Dengan kata lain, para insinyur Honda membidik sepeda motor tersebut dengan akselerasi cukup baik untuk kawasan perkotaan dan dukungan kehandalan torsi pada putaran menengah.

Di Inggris sendiri, penjualan CBF125 pada sepeda motor segmen 125cc terbilang melonjak di empat tahun terakhir. Dikatakan oleh pihak Honda, kualitas dari CB125F yang sebelumnya mudah berkarat kini telah jauh diperbaiki.

Menurut penuturan Honda, CB125F ini diciptakan dari gen terbaru dari segi penampilan dengan mempertahankan kekuatan utama model yang sebelumnya yang berinti pada kemudahan penggunaan.

Sepeda motor ini sendiri diciptakan untuk mengisi segmen entry level yang oleh pabrikan ditujukan kepada pengendara pemula yang akan menggunakan sepeda motor sepanjang hidupnya. (Ysp/Des)

7 Fakta City Vs Munchen: Gawang Neuer Perawan Selama 329 menit

Posted: 24 Nov 2014 09:00 PM PST

Pertandingan kelima Liga Champions Grup E kembali menyajikan pertandingan seru antara Manchester City kontra Bayern Munchen. Pertandingan itu akan berlangsung di Stadion Etihad, Rabu (26/11/2014) dini hari WIB.

Dari empat pertandingan yang dijalani, hanya Munchen yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Tim besutan Pep Guardiola itu sudah mengumpulkan 12 poin dari empat kemenangan. Sedangkan City berada di posisi paling bawah dengan koleksi dua poin.

Bagi City, pertandingan melawan Munchen sangat penting. Pasalnya, jika mereka hanya bermain imbang sementara pertandingan AS Roma melawan CSKA Moskow menghasilkan pemenang, bisa dipastikan Manchester Biru tersingkir di babak fase grup.

Sebelum pertandingan, Liputan6.com akan membedah beberapa fakta pertandingan antara City kontra Munchen.

Apa saja faktanya? Lihat di halaman selanjutnya ----->

Fakta Manchester City

Fakta Manchester City

1. Manchester City tidak akan diperkuat Yaya Toure. Dia akan absen selama tiga pertandingan karena mendapat kartu merah saat City kalah 1-2 dari CSKA Moskow, 6 November lalu.

2. Sergio Aguero menjadi pemain City paling menakutkan. Penyerang Timnas Argentina itu mencetak 11 gol dari 11 pertandingan terakhir di semua kompetisi pada musim ini.

3. David Silva belum memperkuat City setelah pulih dari cedera lutut. Terakhir kali Silva memperkuat City terjadi pada 29 Oktober saat menang 2-0 atas Newcastle United di Piala Liga.

Bersambung ke halaman selanjutnya ---->

Fakta Bayern Munchen

Fakta Bayern Munchen

4. Munchen belum terkalahkan dari 18 pertandingan terakhirnya. Terakhir kali mereka kalah saat menghadapi Borussia Dortmund dengan skor 0-2 di Piala Jerman, 13 Agustus lalu.

5. Gawang Manuel Neuer, kiper Munchen belum kemasukan bola selama 329 menit.

6. Jerome Boateng mengantongi rekor 51 kemenangan beruntun di Bundesliga. Terakhir kali, dia merasakan pahitnya kekalahan saat Munchen kalah 1-2 dari Bayern Munchen, 28 Oktober 2012.

7. Munchen hanya kebobolan tiga gol dari 12 pertandingan pertama di Bundesliga. Rekor baru untuk klub yang bermarkas di Allianz Arena itu.

Presiden Obama Ungkap Rasa Cinta pada Meryl Streep

Posted: 24 Nov 2014 09:00 PM PST

"Barack Obama ternyata bukan sekadar presiden Amerika Serikat. Ia sepertinya juga presiden dari fans klub Meryl Steep." Demikian dugaan laman Vanity Fair, Senin (24/11/2014), saat sang presiden mempersembahkan medali Presidential Medal of Freedom bagi sang aktris peraih Oscar itu.

"Saya mencintai Meryl Steep," kata Obama di Gedung Putih saat memberikan medali penghargaan tertinggi bagi warga sipil AS. "Suaminya tahu saya cinta padanya. Michelle tahu saya cinta padanya. Mereka tak bisa mencegahnya."

Barack Obama memuji habis sang aktris. "Dia telah melakukan segalanya untuk bidangnya," puji Obama. "Dia bahkan menyanyi lagu ABBA," kata Obama lagi mengacu ke film Mamma Mia! yang dibintangi Meryl Streep tahun 2008. "Itu sesuatu."

Selain Meryl Steep, penerima Presidential Medal of Freedom tahun ini adalah musisi Stevie Wonder, Ethel Kennedy, janda Senator Robert F. Kennedy, dan jurnalis kawakan Tom Brokaw. Meryl Streep sering disebut sebagai salah satu aktris terbaik sepanjang masa. Ia sudah mengoleksi tiga piala Oscar berkat aktingnya di Kramer Vs Kramer, Sophie's Choice, dan The Iron Lady.(Ade)

Baca juga:

[Cerita Meryl Streep Ketus pada Anne Hathaway](2129975 "")

Ciuman Orangtua Bisa Bikin Anak Kebal Penyakit

Posted: 24 Nov 2014 09:00 PM PST

Membantah penelitian dari Belanda yang menyebutkan ciuman bisa mentransfer 80 juta bakteri, pengarang buku 'the Science of Kissing', Sheril Kirshenbaum malah berpikir sebaliknya. Dia bahkan mengatakan, ciuman pada anak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

"Ciuman bukan tentang pertukaran bakteri atau mencumbu pasangan, tapi lebih dari itu. Dengan mencium anak, jalur saraf dalam otak bayi akan mengasosiasikan berciuman sebagai emosi positif yang terkenang terus sepanjang hidupnya. Dia akan merekam memori bahwa ia disayang sekaligus mendapat stimulasi yang membuatnya kebal penyakit," ujar Sheril, seperti dikutip Dailymail, Sabtu (22/11/2014).

Sheril melanjutkan, ciuman akan menghasilkan sinyal kimia yang disebut hormon oksitosin (cinta) lantaran miliaran koneksi saraf kecil menyebarkan informasi ke seluruh tubuh.

"Adanya hormon ini bisa menekan hormon kortisol (stres) sehingga mengurangi kegelisahan. Artinya, dengan mencium pasangan atau anak, Anda bisa merasa rileks. Dan semakin memberikan stimulasi positif bagi si kecil," jelasnya.

RI Tak Gentar dengan Rencana OPEC Dongkrak Harga Minyak Dunia

Posted: 24 Nov 2014 08:56 PM PST

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengaku tak terlalu risau dengan rencana Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) untuk mengangkat kembali harga minyak mentah yang saat ini terjun bebas di kisaran US$ 75 per barel.

Menurut bambang, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yaitu premiunm dan solar masing-masing sebesar Rp 2.000 per liter merupakan salah satu langkah antisipasi rencana OPEC tersebut.

Kenaikan tersebut sudah menjadi jangkar bagi Indonesia untuk menahan laju harga minyak dunia dan menjaga Current Account Defisit (CAD) untuk menuju ke arah yang lebih sehat. Dikatakan menahan laju karena dengan kenaikan tersebut, permintaan akan BBM dari Indonesia bisa terkendali dan permintaan tidak akan terlalu besar.

"Lihat dong (naikkan harga BBM lagi), saya pikir naiknya tidak akan drastis, kan OPEC bukan satu-satunya yang menentukan produksi dunia masih ada yang di luar OPEC, jadi tidak masalah," kata Bambang di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Dengan kebijakan meniakkan harga BBM yang sudah dilakukan, Bambang menambahkan saat ini pemerintah tengah fokus dalam mengalokasikan dana penghematan subsidi tersebut ke sektor produktif.

Sebagai negara yang pernah menjadi anggota OPEC, dikatakannya dirinya memahami bagaimana cara mengantisipasi kenaikan harga minyak dunia nantinya.

‎"Ya saya rasa OPEC akan lakukan tindakan dengan mengurangi produksi, kuota, suply harga naik, karena mereka ada kepentingan untuk itu," tegasnya. (Yas/Gdn)

Tidak ada komentar: