Jumat, 28 November 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


PR Besar Pemerintah Hadapi Masalah Sosial

Posted: 28 Nov 2014 08:48 PM PST

Kemiskinan merupakan akar dari semua masalah sosial. Maka, dibutuhkan seperangkat program dan kegiatan yang mengarah pada upaya pengentasan dalam satu nafas dan satu visi.

"Berbagai masalah sosial manjadi pekerjaan rumah pemerintah yang membutuhkan perjuangan dan dukungan semua pihak terkait demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, ” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam acara, “Sinergi Program Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial” di Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Saat ini, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) relatif masih tinggi. Pada saat bersamaan, kemampuan pemerintah untuk menyelesaikan PMKS relatif rendah.

“PMKS harus diatasi dalam waktu tidak terlalu lama. Untuk itu, harus segera menetapkan fokus sasaran, sehingga bisa menjadi solusi dalam penanganan masalah sosial lainnya, ” ujarnya.

Berbagai masalah sosial tersebut, di antaranya kebencanaan, ketunaan, keterlantaran, kecacatan, keterpencilan, kekerasan dan eksploitasi, yang membutuhkan sentuhan penanganan di tengah isu global terkait dengan kemiskinan.

Kejelian dan data membaca realitas di lapangan menjadi sebuah keniscayaan. Hal itu, tentu saja bisa membantu untuk menentukan keberhasilan implementasi berbagia program dan kegiatan.

“Berbagai program dianggap berhasil, jika dalam pelaksanaannya bisa dilihat, dihitung, dilaksanakan, serta bsia dipertanggungjawabkan, ” tegas Mensos.

Peran dari dinas sosial (Dinsos), sebagai mitra strategis di lapangan perlu keterpaduan tindakan, menggunakan parameter yang sahih untuk mengukur dan menetapkan sasaran.

Kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah terkait penyelenggaraan kesejateraan sosial (kesos) tidak semata bicara dana dekonsentrasi maupun tugas pembantuan. Tetapi, yang terpenting adalah menetapkan strategi implementasi platform penyelenggaraan kesos.

Juga, diharapkan kerja sama pusat dan daerah bisa membangun pemahaman, kerangka tindakan yang terukur dan terarah. Misalnya, implementasi KIP, KIS, KKS, KSKS, PSKS agar dimengerti sebagai langkah penting untuk menopang stabilitas ekonomi keluarga di tengah pengurangan subsidi BBM dan fluktuasi harga.

“Penanganan masalah sosial ada prosedur standar pelaksanaan yang mengacu pada tipologi, geografi, serta budaya masyarakat,” katanya.

Banyak Anak Muda Yogya Rentan Mengidap HIV/AIDS

Posted: 28 Nov 2014 08:43 PM PST

Usia produktif menjadi perhatian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) DIY dalam data jumlah kasus HIV Aids dari tahun 1993-2014 di Yogyakarta. Riswanto Sekretaris KPA DIY menyebut jika jumlah pengidap HIV AIDS di Yogyakarta hingga Sepetember 2014 mencapai 2809 orang. Jumlah ini didominasi jenis kelamin laki-laki yang paling banyak terkena penyakit ini yaitu 1825 orang. Riswanto mengatakan jika didasarkan pada umur, usia produktif berada dalam peringkat tertinggi berdasarkan umur. Anak usia 20-29 tahun berada di peringkat teratas yang diserang penyakit ini..

"Umur Paling tinggi 20-29 tahun, lalu nomor dua 30-39 tahun dan ketiga 40-49 tahun. Itu data usia produktif, jadi yang banyak diserang adalah usia produktif," ujar Riswanto di ruang A biro umum Pemda DIY Jumat (28/11/2014).

Berdasarkan golongan umur anak usia kurang dari satu tahun tercatat 25 kasus yang terkena HIV AIDS di Yogyakarta. Sementara diatas satu tahun dan dibawah empat tahun juga tercatat 57 kasus.
"Usia 50-59 tahun ada 189 orang dan 60 keatas ada 49 orang. Ini berdasarkan golongan umur," ujar Riswanto.

Untuk itu perlu layanan kesehatan bagi para pengidap HIV AIDS di 30 tempat. Mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit. Riswanto mengatakan baik masyarakat maupun pasien HIV AIDS dapat mengunjungi tempat yang bisa dilayani untuk mengetahui seputtar HIV AIDS maupun ingin tes HIV AIDS.

"Di antaranya ada di Bethesda, Sardjito, RS Grasia, Puskesmas di Umbulharjo, Gedongtengen, Kretek, RS Kota dan RSUD Wonosari," ujarnya.

Sementara itu Juniati Rahmadani Pengelola Monitoring dan Evaluasi KPA DIY mengatakan jika tahun ini pihaknya juga akan semakin memperluas informasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat terkait HIV AIDS melalui peringatan hari AIDS 1 Desember 2014. Tahun INI KPA DIY akan melakukan peringatan Hari AIDS Sedunia  di lapas Narkotika Sleman. Dalam peringatan itu KPA akan melakukan tes HIV kepada para staf lapas. Hal ini yang akan menjadi role model bagi tes HIV dikalangan lapas khususnya para staf lapas.

"Tanggal 1 Desember mulai 10 pagi ruang bengkel kerja lapas narkotika sleman dengan tes HIV dan VCT. Ini nantinya menjadi role model bagi lapas tes hiv. Staf rutan sudah bersedia tes. Bisa jadi motivasi bagi lapas lain," ujar Juniati. (Fathi mahmud)

53 WNI Korban Perdagangan Manusia di Malaysia Dipulangkan

Posted: 28 Nov 2014 08:32 PM PST

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia dijadwalkan segera memulangkan 53 warga negara Indonesia (WNI) korban perdagangan manusia. Puluhan WNI tersebut diduga akan diseludupkan ke Timur Tengah.

Kemungkinan besar 14 dari 53 WNI ini tiba di Tanah Air pada Sabtu (29/11/2014). Sementara sisanya dipulangkan secara bertahap mulai pekan depan.

"14 WNI yang dipulangkan hari ini tercatat berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat," demikian keterangan tertulis KBRI Malaysia yang diterima Liputan6.com di Jakarta.

Terungkapnya kasus perdagangan manusia ini berawal dari informasi pengiriman TKI yang diterima KBRI Malaysia dari perwailan Indonesia di Timur Tengah. Informasi tersebut kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh tim satuan tugas perlindungan WNI di Kuala Lumpur yang bekerja sama dengan Polis Diraja Malaysia (PDRM).

Atas kerjasama itu, tersangka pelaku perdagangan manusia berinisial IM berhasil diciduk. Saat ini IM sudah diproses sesuai hukum yang berlaku di Negeri Jiran.

Selama ini, pelaku asal Yordania ini diduga berperan penting dalam sindikat perdagangan manusia. Dalam aksinya, IM ditengarai menggandeng sejumlah oknum di Tanah Air.

Penangkapan IM pun diharapkan dapat membuka pintu untuk membongkar jaringan sindikat tindak pidana penjualan orang (TPPO).

Menanggapi penangkapan dari IM, Dubes RI untuk Malaysia segera angkat bicara. Ia menyatakan menyambut baik penangkapan itu.

Tak lupa ia terus menegaskan bahwa pihaknya dengan Otoritas Malaysia akan terus bekerjasama demi memberantas TPPO yang melibatkan WNI di wilayah Malaysia. (Ger/Riz)

3 Selebriti Kaya yang Banting Setir Jadi Politikus

Posted: 28 Nov 2014 08:30 PM PST

Semakin banyak selebriti yang melepaskan keartisannya, mereka melirik kemudian beralih ke bidang politik. Beberapa alasannya jelas karena masa tenar mereka yang cenderung menurun, tetapi beberapa juga karena keinginan sendiri untuk berdedikasi kepada masyarakat.

Seperti yang dilansir dari Therichest.com, Sabtu (29/11/2014), apapun alasan para selebriti menjadi politikus ini, mereka telah berhasil berkiprah di dunia politik. Nah, berikut adalah ulasan 3 selebriti kaya Amrik yang beralih menjadi politikus:

3. Sonny Bono

3. Sonny Bono

Terkenal karena pernikahan dengan aktris dan penyanyi Cher, Sonny Bono masuk ke dunia politik karena alasan pribadi. Meksipun bayarannya sebagai selebriti mencapai USD $ 15 million atau sekitar Rp 18,3 Miliar, ia tetap berkeinginan untuk  membenarkan peraturan daerah yang dianggapnya sudah cukup melenceng.

Pada tahun 1988, ia berbelok arah menjadi politikus dan terpilih menjadi seorang walikota. Enam tahun kemudian, Sonny Bono terpilih sebagai anggota DPR di Amerika Serikat.

Sonny Bono meninggal akibat kecelakaan saat bermain ski. Ia sempat menikah sebanyak empat kali dan bertahan hidup dengan 4 anak.

2. Arnold Schwarzenegger

2. Arnold Schwarzenegger

Arnold Schwarzenegger mendapatkan ketenaran di seluruh belahan dunia sebagai idola yang berotot besar dan aktor film aksi di Hollywood. Salah satu film terkenal yang ia bintangi adalah The Terminator.

Dengan bayaran sebesar USD $ 300 Juta atau sekitar Rp 3,7 Triliun, Arnold Schwarzenegger tetap teguh untuk berpindah aliran ke dunia politik. Pada tahun 2003, ia terpilih sebagai Gubernur California. Saat menjadi gubernur, Arnold Schwarzenegger pernah tersandung masalah, tetapi bisa ia selesaikan dengan mengambil hati banyak masyarakatnya.

1. Clint Eastwood

1. Clint Eastwood

Film-film yang telah dibintangi oleh Clint Eastwood, seperti `Unforgiven`, banyak mencuri perhatian dunia. Jadi, tak sangki jika ia bisa mendapatkan bayaran sebesar USD $ 375 Juta atau sekitar Rp 4,6 Triliun.

Meskipun demikian, Clint Eastwood memang telah mendukung aksi kontrol senjata sejak tahun 1970-an beralih profesi sebagai seorang walikota. Pada tahun 1986, pemenang oskar ini resmi menyandang status sebagai walikota Carmel, California, Amerika Serikat. (Jazaul Aufa/Ars).

 

Cita Citata Tak Percaya Masuk Nominasi di SCTV Awards 2014

Posted: 28 Nov 2014 08:30 PM PST

Cita Citata masuk nominasi dalam acara penghargaan bergengsi SCTV Awards 2014.

Kecewa Dihukum Komdis, Suporter PSIS Ancam Demo PSSI

Posted: 28 Nov 2014 08:27 PM PST

Para  suporter PSIS Semarang merasa gerah dengan sanksi diskualifikasi terhadap tim kesayangannya. Mereka pun menggelar spanduk berisi dukungan terhadap PSIS yang terkena sanksi Komisi Disiplin terkait "sepak bola gajah" dengan PSS Sleman. Mereka memberi dukungan dengan memasang ratusan spanduk itu di titik vital Kota Semarang.

Para suporter dari Panser Biru dan Snex itu awalnya berkumpul di Stadion Jatidiri Semarang. Mereka menyanyikan yel-yel dukungan sambil membentangkan spanduk bertuliskan "Kembalikan PSIS kami", "Jangan matikan karier pemain PSIS", dan tulisan dukungan lainnya.
 
Menurut Ketua Panser Biru, Mario Baskoro, aksi sebagai bentuk dukungan kepada PSIS dari suporter karena merasa hukuman dari Komdis PSSI sangat tidak wajar. Selain itu sanksi juga mengancam karier para pemain.
 
"Bagi kami selaku suporter, hukuman itu tidak masuk akal. Pak Yatno yang pembantu umum, beliau tidak terlibat kok dijatuhi hukuman. Bahkan ada pemain yang dihukum seumur hidup. Itu bukan mendidik tapi membunuh pelan-pelan," kata Mario, Sabtu (29/11/2014).
 
Lokasi pertama yaitu di dekat PLN tepat di depan patung pemain legendaris PSIS, Ribut Waidi. Selanjutnya mereka berkeliling ke lokasi lain.
 
"Ini dipasang agar orang-orang tahu apa yang terjadi dan bagaimana dukungan kami," kata Mario.
 
Suporter berharap Komdis bisa memperingan hukuman dan menetapkannya dengan lebih bijaksana. Jika tidak bisa, mereka mengancam akan unjuk rasa di Jakarta. 
 
"Mungkin kita akan demo besar-besaran di Jakarta. Koordinasi dengan Panser Sejabodetabek dan SNEX Metropolis. Kita juga koordinasi dengan The Jak selaku tuan rumah," kata Mario.

 

Top 5 Bisnis: Nasehat Miliarder Biar Cepat Sukses Jadi Hits

Posted: 28 Nov 2014 08:24 PM PST

Pernahkan Anda merasa penasaran mengapa beberapa pengusaha hebat mampu mengumpulkan uang hingga menjadi miliarder terkaya di dunia? Bill Gates, Mark Zuckerberg dan Warren Buffett merupakan tiga di antara banyak pengusaha sukses yang mampu merajai jajaran orang terkaya di dunia.

Untungnya, para miliarder hebat ini tak pernah takut berbagi nasehat yang membuatnya sesukses sekarang. Berpikir beda dan mengabaikan omongan negatif orang lain merupakan salah satu trik agar dirinya bisa sukses dan kaya seperti sekarang.

Artikel mengenai tips yang diberikan oleh para miliarder tersebut mampu menyita perhatian khalayak. Tak hanya itu, informasi mengenai pergantian direksi PT Pertamina (Persero) dan juga soal upah buruh juga menyita perhatian pembaca.

Lengkapnya, berikut kima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, Sabtu (29/11/2014):

1. Nasehat 8 Miliarder Terkaya Dunia Biar Cepat Sukses

Pendiri Microsoft ini menyatakan, peluang akan datang saat Anda berhasil memanfaatkan satu kesempatan bisnis. Artinya, pastikan Anda bekerja dengan baik dan mampu meraih berbagai peluang yang ada. Sedangkan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett menyatakan, jangan pernah selalu ingin instan. Jalani sebuah pekerjaan atau bisnis untuk mendapatkan anak tangga lain agar bisa berjalan lebih tinggi.

2. Upah Tinggi, Pengusaha Mau Hengkang dari Bekasi & Karawang

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo ) menyatakan ingin hengkang investasi di industri padat karya dari Karawang dan Bekasi ke daerah yang menawarkan upah minimum lebih rendah.

3. Rini Soemarno Copot Seluruh Direksi Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno secara resmi memberhentikan seluruh jajaran direksi PT Pertamina (Persero). Langkah itu diambil guna mempercepat transformasi Pertamina menjadi Perusahaan Kelas Dunia.

4. 5 Juta Buruh Gelar Aksi Mogok Nasional 10-11 Desember

Lima juta buruh akan melakukan aksi besar-besaran dan mogok nasional menuntut revisi UMP/UMK di beberapa daerah dan tolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

5. Dwi Soetjipto Ditunjuk Jadi Dirut Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menunjuk Bos PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) yang baru. Dwi akan memimpin Pertamina dalam lima tahun ke depan. (Gdn)

Ini Dia Sepatu Tuna Netra Karya Anak Bangsa

Posted: 28 Nov 2014 08:18 PM PST

Penyandang disabilitas lebih rentan menghadapi permasalahan dalam mengakses lingkungan sekitarnya. Sebuah perangkat canggih dibuat untuk penyandang tuna netra agar bisa dengan lebih mudah mengakses lingkungan sekitar.

Adalah Naskan, yang merupakan pencipta sepatu khusus bagi penyandang tuna netra. Melalui perusahaan rintisan (startup) miliknya yang bernama Aswan Tech, ia mengembangkan sepatu unik dengan menyematkan berbagai sensor bagi para penyandang tuna netra.

Sepatu ini memiliki kemampuan mengenali jarak, ketinggian maupun pemberi sinyal kepada orang lainnya agar lebih berhati-hati. Sensor yang ditempatkan sepatu ini akan mengirim peringatan berupa getaran bagi penggunanya saat menghadapi berbagai rintangan yang dihadapinya.

Pembuatan sepatu canggih ini terinspirasi dari kerabatnya yang tiba-tiba kehilangan fungsi visualnya. Keinginannya membantu sang kerabat membuatnya melakukan serangkaian percobaan demi menghadirkan perangkat inovatif sebagai alat bantu.

"Produk ini saya kembangkan selama sebulan penuh saat menghadapi kompetisi INAICTA 2014 bulan Agustus kemarin. Sebenarnya keinginan saya membuat produk ini sudah ada sejak 2010 lalu, tapi karena banyak alasan jadi baru bisa direalisasikan," ungkap Naskan.

Sementara ini, pembuatan sepasang sepatu untuk tunanetra ini menghabiskan biaya hampir Rp 1 juta. Ke depannya, Naskan berharap produk ini bisa diproduksi secara massal dengan harga yang jauh lebih terjangkau.  (den/dew)

Peringatan, Suhu Permukaan Bumi Naik

Posted: 28 Nov 2014 08:15 PM PST

Kondisi [Bumi](2140021 "") kini lebih hangat lantaran suhu permukaan tempat tinggal manusia ini naik 0,8 derajat Celcius dalam satu abad terakhir. Karena itu manusia diharapkan bisa lebih peduli kepada lingkungan demi mencegah peningkatan suhu yang berkelanjutan.

"Dari tiga dekade terakhir kondisi saat ini lebih hangat dan tercatat 30 tahun terakhir merupakan periode terpanas dalam 1.400 tahun di wilayah belahan Bumi utara," kata Koordinator Divisi Peningkatan Kapasitas Penelitian dan Pengembangan DNPI Agus Supangat, Sabtu (29/11/2014).

Sementara itu, lembaga kelautan dan atmosferik Amerika Serikat (National Oceanic and Atmospeheric Administration/NOAA) mencatat, selama Oktober 2014 suhu global daratan dan lautan 0,74 derajat Celcius melebihi rata-rata suhu selama abad ke-20 yang sebesar 14,0 derajat Celsius.

Menurut NOAA, suhu global permukaan daratan dan lautan sepanjang Januari sampai Oktober tahun ini 0,68 derajat Celcius di atas rata-rata suhu selama Abad ke-20. Sepuluh bulan pertama tahun ini tercatat sebagai periode yang paling hangat.

Agus menjelaskan, kenaikan suhu Bumi menyebabkan peningkatan frekuensi gelombang panas dan intensitas curah hujan pada berbagai daerah. Ia menambahkan, kenaikan suhu tersebut juga menyebabkan lautan menyerap karbon dioksida lebih banyak sehingga kondisinya menjadi lebih asam. "Dan tinggi permukaan laut global naik 20 centimeter," papar dia.

Pada bagian lain, lanjut Agus, gletser menyusut serta permafrost, sedimen dan batuan yang membeku jadi cair. Dia mengatakan bahwa tutupan salju musiman di wilayah belahan Bumi utara juga mengalami penurunan, lapisan es Laut Arktik di musim panas berkurang sekitar 40 persen sejak 1979.

Menurut Agus, hal itu disebabkan oleh aktivitas manusia yang menyebabkan gas rumah kaca mencapai tingkat tertinggi sejak 800 ribu tahun lalu. Konsentrasi gas karbon dioksida saat ini 40 persen lebih tinggi dibandingkan era sebelum adanya industri dan semua itu disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil dan penggundulan hutan.

Dia menambahkan, jika tidak ada upaya mitigasi yang ambisius dari seluruh negara di dunia, maka kondisi bisa makin parah dan suhu [Bumi](2140143 "") bisa naik antara 3-4 derajat Celcius. (Ant/Riz/Ndy)

Liverpool Vs Stoke City: Saatnya The Reds Bangkit

Posted: 28 Nov 2014 08:08 PM PST

Liverpool akan menjamu Stoke City di pekan ke-13 Liga Inggris, Sabtu (29/11/2014) di Stadion Anfield. Tiga poin menjadi target utama skuat Brendan Rodgers dalam pertandingan ini.

Kemenangan tentunya akan mengangkat lagi posisi Liverpool yang kini terpuruk di urutan 12 klasemen sementara, dengan mengantongi 14 poin. Ini menjadi catatan terburuk Liverpool dalam 22 tahun terakhir.

Sebelumnya, The Reds takluk 1-3 dari Crystal Palace. Bagi Liverpool ini adalah kali ketiga mereka menelan kekalahan secara beruntun di Liga Primer.

Terkait dengan penampilan timnya, Rodgers menuntut para pemain Liverpool untuk menjadi lebih ngotot dan agresif.

"Kami harus lebih ngotot, lebih agresif, dan punya lebih banyak kemampuan untuk bertahan sebagai sebuah tim," ujar Rodgers pada situs resmi klub. "Saat ada momen untuk bertahan, kami harus bertahan dengan baik, dan itulah yang akan kami lakukan."

Sebaliknya, manajer Stoke, Mark Hughes, berambisi ingin memperpanjang catatan Liverpool yang belum juga meraih kemenangan. Stoke yang mengalami kekalahan 1-2 dari Burnley akhir pekan lalu, posisinya masih lebih baik dari Liverpool, yakni di urutan ke-11.

Stoke sejauh ini sudah meraih 4 kali kemenangan, 3 kali hasil imbang, dan menelan 5 kali kekalahan dari 12 laga terakhir. Terakhir Stoke City berhasil meraih kemenangan 2-1 saat bertemu Tottenham.

"Kami sangat berharap hasil positif untuk pertandingan besar ini. Anda akan melihat perjalanan kami dan bermain dengan baik," kata  Hughes.

Sebelumnya, Liverpool dan Stoke sudah pernah bertemu sebanyak 14 kali. Dari pertemuan tersebut, Liverpool berhasil meraih 6 kali kemenangan, 5 kali hasil imbang dan menelan 3 kali kekalahan. Maret 1959 adalah terakhir kalinya Stoke mengalahkan Liverpool di Anfield.

 

Rekor Pertemuan:

12/01/14    Stoke City    3 - 5    Liverpool
17/08/13    Liverpool     1 - 0    Stoke City
27/12/12    Stoke City   3 - 1    Liverpool
07/10/12    Liverpool     0 - 0    Stoke City
18/03/12    Liverpool     2 - 1    Stoke City 

Tidak ada komentar: